Page 1

Mekanisme Pembuatan Legal Review yang Baik dan Benar By : Nadya Ellizabeth R.


Pengertian Legal Review  Kata “review” dalam bahasa Indonesia dapat ditemukan padanannya pada kata-kata memeriksa, meninjau atau menimbang.  Perspektif pribadi : Meninjau kembali suatu topik berdasarkan paradigma/interpretasi dan ilmu pengetahuan yang dimiliki.


Tujuan Pembuatan Legal Review

Memberikan pendapat hukum atau suatu persoalan hukum yang aktual.


Manfaat Pembuatan Legal Review 1. Memberikan suatu referensi pandangan terhadap suatu permasalahan hukum. 2. Lebih jauh lagi, membantu memberikan solusi atas sebuah permasalahan hukum. 3. Menambah pengetahuan hukum dari proses inventarisasi dasar hukum saat membuat legal review.


Mekanisme Pembuatan Legal Review 1. Pendahuluan 2. Permasalahan dalam Legal Opinion 3. Memasukkan bahan-bahan pendukung yang berkaitan dengan permasalahan (data, informasi, dan dokumen) 4. Memasukkan dasar hukum dan perundang-undangan yang berkaitan dengan permasalahan 5. Analisa hukum dan pendapat 6. Kesimpulan dan saran/solusi untuk penyelasaian masalah


• Mirip tidak legal review dengan legal memo? berbeda karena legal memo itu lebih formal yang biasa ada di lawfirm. Legal review tidak hanya ditujukan untuk sesama fakultas hukum, tetapi lebih umum. Legal memo membahas pro dan kontranya.


• Batasan halaman -> 5000 kata • Standar penilaian -> teknik penulisan, bobot (substansi), • Argumentasi hukum -> kombinasi HI dan HTN, objektif dan subjektif • Metode penelitian -> yuridis empiris, komulatif • Contoh aktualisasi analisis logika Sesuai sistematika, namun lebih menekankan kepada argumen penulis. Dasar pemikiran, permasalahan, pecahkan permasalahan sesuai dengan teori yan g dimiliki, berikan solusinya.

Mekanisme pembuatan legal review yang baik dan benar  
Mekanisme pembuatan legal review yang baik dan benar  
Advertisement