Issuu on Google+

~,,~Z.lnc our

magazine


Pelindu", Ustyo Owi Harsono Pemimpin Redaksi Allan Dewangga Agastya M. Wakil ~mimpin Redaksi Rini Indriani Gunawan Redaktur ~Iaksana Daisy Agustiana Franika Editor Jumali Ariadinata Sekretaris Redaksi Gia Rizky Anisa Kusumawardani Redaktur Artistik Allan Dewangga Agastya M . Koord. Reporter Annisa Al fi Reporter Nikki Fadlin Nadya Sekar Furry Amalia Nanda Yoshita Kai fu Tiro Graphic DesiBner Nurulita Rahadian Maul Sadra Ludiana Andre Windu Photographer Walgi Efriyan Ryananda A Hutomo Sekarina Fajar Marketing & Promotion Mega Meinarty Gioliano Putra Arindini Putri Distribusi & Sirkulasi Rangga Rachman Nugraha Komang Ferry Address UKM Centre, Kampus Institut Manajemen Telkom Komplek Telkom Learning Centre (TLC) Jalan Gegerkalong Hilir No. 47, Bandung 40152 Website www.magazinc.imtelkom.ac. id Email magazinc@imtelkom .ac.id / magazinc.editor@gmaiLcom Advertising & Sponsorship Enquiries 08111884466

Diilenll


Magaz.lnc adalah sebuah karya buatan "kelompok bermain" di Institut

Manajemen Telkom yang difungsikan sebagai media informasi yang menambah wawasan bagi para civitas pendidikan lelkom, khususnya mahasiswa Institut Manajemen lelkom. Oiberikan secara gratis bagi Anda semua yang menganggap bahwa informasi dan komunikasi itu penting .

..,

,


•

Ko.m'

A khirnya setelah sempat sekian lama tersendat, kami berhasil menerbitkan edisi ke-7 Magaz.inc yang kami beri Judul "We All Run Together", sebuah kata yang tepat untuk menggambarkan perjuangan para mahasiswa baru Institut Manajernen Telkom yang telah melewati

rnasa transisinya yang akan dibahas daJam liputan eksklusjf kami kali ini, yaitu OKMB 2010.

Sejalan dengan hal tersebut, "We All Run Together" juga menginterpretasikan perjuangan kami dalam menuntaskan edisi inj, jarak puluhan kilometer antara Oayeuh Kalat dan Gegerkalong seakan menjadi momok

bagi kami dan tentunya seluruh organisasi kemahasiswaan di kampus kita dalam menjalankan kegiatan ke-organisasi annya. Sebuah salusi tentunya dapat kita harapkan dari pihak manajemen kampus yang telah berganti menjadi wajah baru dan tentu saja Rektor baru, yang sederet pemikirannya dapat anda baca di rubrik bincang-bincang. !tulah gambaran sekilas dari Magaz.inc edisi ini, semoga dapat menjadi bacaan yang menarik bagi rekan-rekan mahasiswa.

Salam Hangat dari Pulau Dewata, Pemimpln Redaksl

Abovt 1ft.. CO"""

~~ ~~ fi1I!l[j) Creator: Faris Majduddln Naufal Ide: sebagai mahasiswa, terutama untuk maba, kita harus mempunyai dava juang yang tinggi, beriari bersama dengan tekad yang bulat untuk mengejar cita2 dan target yang ingin kita capai .. semangat dan tetap ceria I . ._ - _..._ blo: mahasiswa imt09.status:pasif.gondrong urakan.djarum super.tempe goreng.esteh manis.alergi angka tapi tetap cinta damai http ://nof-artherapy.deviantart.com/ http://artherapy.tumblr.com/


LIPUTAN EKSKLUSIF

OUR OUR NG -OKMB2010OKMB sebuah kata yang mungkin masih menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa baru. Pasalnya kegiatan yang satu ini sering di jadikan ajang pembalasan senior kepada juniornya ckckck ... namun hal itu tidak sepenuhnya berlaku di OKMB IMT 2010. Apa yang menarik dari OKMB 2010?? Bagaimana persiapan panitia untuk menyelenggarakan OKMB 2010 17 ikuti penelusuran eksklusif dari Tim Reporter Magaz.inc berikut ini..

(nsa/fotografer ogi/special thx to AUVil


LIPUTAN EKSKLUSIF Pada saat crew magaz.inc datang Rahmen Fitra dan Baby sedang membawakan aeara dengan semangat di had ke-2 OKMB. Tak ketinggalan lagu Justin biber menjadi ajang gila-gilan para panitia untuk sekedar melepas penat.

lapangan kampus Oayeuh kolot saat itu r amal dengan mahasiswa baru yang mengenakan kilos

kuning, bertopi mengunakan tas

caping dan tilk dari karung goni.

lupa Para

mahasiswa baru terse but tampak antusisas mengikuti acari! hari ke-2 OKMB tangga l 6 Agustus 2010 yang full game. Rayhans(2008) selaku Oanlap 2 menegaskan bahwa jumlah panitia yang ikut ada sekitar 1000 orang, dengan jumlah mahasiswa sebanyak itu maka suasana kampus akan menjadi tambah hidup. 01 hari pertama banyak diberikan pemahaman tentang kampus dan di hari ketiga lebih ditekankan pada tara untuk menghadapi dunia baru a.k.a dunia perkuliahan.

OKMB ga lengkap tanpa para tatib yang setia buat negakin disiplin mahasiswa baru. Banyak mahasiswa baru yang mengeluhkan tatibnya pada galak dan mukanya jutek banget. Tapi disamping itu ada juga malaikat buat para mahasiswa baru yaitu para akang dan teteh pembimbing kelompok. Ada juga yang unik dari OKMB 2010 ini ada tenda yang khusus dipasang tepat di depan kamus IMT yang setelah trew magaz.inc tilik di gunakan untuk para orang tua murid yang mau sekedar melihat atu mengawasi jalannya OKMB. Terlihat ada 7-10 orang tua yang duduk manis setia memantau apa saja kegiatan anaknya di kampus. Tenda tersebut juga dlgunakan para orang tua untuk mentari informasi mengenai anak mereka. Yah ... ngakunya aja mahasiswa tapi masih ditunggiun orang tua hehehe semoga maba 2010 setelah ini makin dewasa ya ... Kegiatan OKMB selain merupakan kegiatan pengenalan kampus yang juga kegiatan yang sedikit banyak merepresentasikan bagaimana dunia kuliah yang akan ia hadapi. Maka dengan disiplin yang baik, t anggung jawab dan usaha yang maksimal maka mahasiswa akan berhasil.

Ekspres; salah saW peserta di tengah jalannya OKMB 2010


Gladl Reslk Panltla OKMB 2010 Ketika akan masuk tahun ajaran baru maka acara tahuan yang wajib diadakan oleh Institut Manajemen Telkom adalah OKMB yaitu Orientasi Kegiatan Mahasiswa Baru. Kegiatan yang sangat ditunggu oleh kakak angkatan yang lebih tingg; ini bertujuan agar para mahasiswa baru mengetahui apa itu IMT dan lebih jauhnya tentang dunia perkuliahan. Rangkaian kegitan OKMB ini jauh di mulai sebelum para mahasiswa IMT libur kenaikan semester. Dari mulai pendaftaran calon panitia OKMB, seleksi panitia OKMB, pelatihan untuk para panitia perdivisi, sampai pelaksannan OKMB. Tanggal 31 juni 2010 menjadi hari kedua untuk gladi resik para panitia. Panitia diberikan arahan baik teori maupun keadaan lapangan untuk pelaksanaan OKMB 2010. OKMB sendiri akan dilakukan tanggal 5,6,7 Agustus 2010 yang bertempat di kampus Dayeuh Kolot.

Pada wawancara ini IIham juga menyatakan OKMB 2010 ini diberi nama "TEAM" yaitu singkatan dari Taff, E)(ellence, wearness, mature dan memiliki logo sidik jari yang berarti merepresentasikan identitas seseorang.

IIham sebagai ketua pelaksana OKMB menyatakan bahwa kendala yang di hadapi pada pelaksanaan OKMB ini hanya pada jarak, karena banyak panitia yang tinggal di gerlong.

Ekspresi Keceriaan para Panitia OKMB 2010, salut kawan!


LIPUTAN EKSKLUSIF TEAM diambil dad hasil voting seluruh anggota. Panitia OKMB juga melahirkan logo sidik jari dari hasil diskusL Disi sangat terlihat bagaiama panitia bekerja dengan solid untuk tujuan yang maksimal. Kegiatan yang di dukung penuh oleh institusi juga di bantu oleh kampus tetangga yaitu Institut Teknologi Telkom dan Politeknik Telkom memilki 223 panitia. 223 panitia tersebut terdiri dari 9

divisi panitia ya itu panitia inti, pendamping kelompok, tatib, logistik, games, medis, admin, auvi dan tentunya divisi acara . Untuk kesuksesan acara IIham selaku ketua pelaksana berterima kasih pada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara OKMB 2010 ini. Hidup Mahasiswal (nsa/fotograger ogi)

Kegiatan OKMB selain merupakan kegiatan pengenalan kampus yang juga kegiatan yang sedikit banyak merepresentasikan bagaimana dunia kuliah yang akan ia hadapi. Maka dengan disiplin yang baik, tanggung jawab dan usaha yang maksimal maka mahasiswa akan berhasil. Hidup Mahasiswa!


CAMPUS INSIDE

Liputan

1M S ete lah 328 hari bekerja keras dengan menghabiskan dana 38 Milyar, akhirnya penggunaan

Smart Campus 1M Telkom telah diresmikan pada tanggal 26 Juni 2010, di Dayeuh Kolet.


,... rELKOM ' . . . 0;;;

0"11/.:"" It"h ." " . I' "h "" Yanl:. 1\-1"h" \0:,." Ka "'I"' s III I n s lit lit M;.n;'j"",,: n "r dk.. ", Oin's mikun u l " h :

'路(路IIJ:#. I1""''''

A cara yang cukup meriah ini dihadiri oleh SekJen Menteri Pendidikan Indonesia, Dirut Telkom, Ketua YPT (Yayasan Pendidikan Telkom), Dirut Waskita , Bupali Bandung, Gubernur Jawa Baral, Kepdinas Kominfo Provinsi, Rektor IT Telkom dan Politeknik Telkom, deretan manajemen dan slaff ahli YPT, berbagal elemen pendidlkan dan keamanan provinsi serta kepala Sekolah Menengah Atas dan perwakilan mahaslswa 1M Telkom. Ber1angsung selama 3 jam, event Ini dikemas sangat menarik dengan penampilan perkusi , paduan suara mahasiswa 1M Telkom yang melantunkan beragam lagu daerah dalam prosesi peresmian yang cukup unik. Nuansa khas dengan hadirin yang seluruhnya menggunakan berbagai corak batik dari pelbagai daerah, lak kalah pula dengan sajian makanan Iradisonal khas Bandung membual acara ini sungguh menorehkan nilai luhur budaya yang luar biasa.

Bapak ASep Suryana Natawiria bersalaman dengan Dirut PT. Telkom, Bapak Rinaldi Firmansyah


CAMPUS INSIDE Oi sela aeara, Rinaldi Firmansyah, selaku Dirul PT. leikam, menyampaikan harapannya bahwa dengan transformasi Dayeuh Koiol menjadi kawasan pendidikan, dapat menjadi pemicu pergerakan ekonomi. Dan hadirnya 1M Telkom, dapat pula menjadi penyeimbang akademik di kawasan pendidikan Telkom. Beliau menyatakan , bahwa sejauh ini institusi manajemen yang memiliki bangunan cukup megah adalah 1M Telkom. Begitu pula yang disampaikan Sekjen Mendiknas, yang juga menaruh harapan besar dengan nilai yang dimilki 1M Telkom, khususnya nilai entrepreneurship untuk dapat mempengaruhi karakteristik ekonomi. Selain itu, melalui ujung lombak institusi yang berbasis leT ini, beliau menyampaikan kebanggaan lerbesar agar nantinya 1M Telkom dapat menjadi inovator majunya pendidikan yang berbalut teknologi di Indonesia.

Prosesi Peresmian gedung dilakukan oleh Direktur Utama PT. Telkom, Bapak Rinaldi Firmansyah

Acara diawali dengan lantunan doa dan penampilan paduan suara mahasiswa yang diiringi perkusi, dilanjutkan dengan laporan Reklor 1M Telkam, Asep Suryana Natawiria, yang juga menyatakan ucapan syukur kepada para pelaksana pembangunan yang dapat mendirikan bangunan cukup megah di lahan seluas 8500m"2, di sertai dengan 26 ruang kelas yang mampu menampung 40 mahasiswa per kelasnya, 8 ruang laboralorium, aula, perpustakaan, sarana organisasi dan kemahasiswaan serta fasilitas olahraga.


CAMPUS INSIDE Sedangkan Gubemur Jawa Barat dalam pidatonya juga menaruh harapan yang besar bagi 1M Telkom dengan peningkalan sarana, meningkatlah pula kualilas civitas akademika. Bahkan beliau menyarankan bagi seluruh rumah pendidikan di Bandung unluk menyajikan pelayanan pendidikan selama 24 jam. Dari Pemda setempat sudah memfasililasi adanya 156 HotSpot yang menyebar di seluruh kabupaten. Dan ke depannya, di harapkan Jawa Barat dapat menjadi 路 Cyber Province". Selanjutnya, prosesi peresmian diawali dengan pukulan gendang oleh Dirul Telkom, Sekjen mendiknas dan perwakilan Gubemur Jabar, yang kemudian di lanjutkan dengan pelepasan balan dan burung merpali. Selelah penyerahan cenderamata, aeara disusul dengan penjelajahan isi kampus yang berakhir di aula dengan acara ramah tamah yang juga diiringi dengan live akustik. (Daisy) Photo by Ogi

Suasana Acara Peresmian Smart Campus 1M Telkom

TESTIMONI : Pak Bintoro (Direktur Dukungan Mahasiswa sekaligus Ketua Tim Pembangunan Kampus 1M Telkom - Oayeuh Kolot) UAcara ini dipersiapkan selama 3 minggu dan melibatkan banyak elemen serta berbagai media. Salah satu kelebihan dari kampus ini yaitu, jaringan internet yang sudah diatur dapat menjangkau kampus di Gerlong dan Setiabudi, sehingga dapat terlaksananya pendidikan di 1M Telkom ini mapu berjalan dengan sinergi. u


OM'

TeikOin Jumat 3 september 2010 bertempat di aula Kampus Oayeuhkolot ada salah saW peristiwa y:ang ber-

sejarah di 1m Te/korn . Setelah 1463 hari Pak Asep sebagai rektor lama menjabat, Pak Husni slap memegang tongkat stafer kepemimpinan 1M Te/korn. Setelah me/a/ui pemilihan yang cukup panjang Pak Husn; berhasil terpilih menjadi rector baru 1M Te/korn . Acara penting yang di hadir! o/eh jajaran Warek, Pak Her; sebagai Ketua Yayasan Pendidikan Ie/korn, dosen, petinggi 1M Te/korn, dan be-

berapa mahasiswa in; banyak di warna; suka cita karena di adakan berbarengan dengan buka puasa

bersama.


TESTIMONI Prosesi penyerahan Cinderamata kepada Mantan Rektor 1M Telkom Bapak Asep Suryana Natawiria Pak Asep sebagai rektor lama menyatakan banyak hal yang di dapat dari pengalamannya menjadi rektor di 1M Telkom ini. Selama 4 tahun masa kepemimpinan kendala yang ada adalah infrastuktur. Tak lupa Pak Asep pun memberi pesan untuk melanjutkan pengembangan khususnya sarana dan kualitas. Setelah Sambutan sekaligus perpisahan oleh Pak Asep, lalu di lanjutkan oleh sambutan Pak Husni yang tampak sumuringah. Dalam sambutannya Pak Husni menekankan untuk melibatkan mahasiswa dalam bagian proses 1M Telkom untuk mejadi lebih baik lagi. Pak Husni juga akan meningkatkan promosi untuk 1M Telkom agar lebih dikenal luas oleh banyak orang.

"'Di masa kepemimpinan pak Asep, saya mengakui Beliau merupakan sosok Pemimpin yang cukup baik, tegas,berani ambil keputusan, walaupun sifatnya agak sedikit keras akan tetapi beliau merupakan pribadin yang te rbuka dan mampu menerima pendapat orang lain. Harapan saya kedepannya untuk para pemimpin baru, jangan sampai ada perpecahan dan mampu menjembatani ke inginan mahasiswa serta dapat menjaga kedekatan hubungan antara Institusi dan mahasiswa itu sendiri. Dan pesan untuk para mahasiswa : tetaplah menjadi pribadi yang kritis'" Listyo Owi Harsono, Dlrektur Kemahaslswaan dan Pengembangan Karir


BINCANG路BINCANG P

ada acara pisah sambul Reklor 1M Telkom yang diadakan di kampus Dayeuh Kolot kernarin, reporter Magaz.inc memiliki kesempatan untuk beroincang ekslusiflang-

sung dengan Pak Husni Amani sebagai Rektor baru. Sebagai pemenang dari Pemihhan Rektor 1M Telom pak Husni memiliki Rencana strategis yailu dalam kurun waktu 41ahun ini , 2 1ahun unluk masa peningkatan kualilas dan 2 tahun kedepan dalam masa

Pak Husni juga akan gencar untuk mena路 namkan optimis dan komitmen yang kuat untuk menghadapi tantangan besar di masa yang akan datang. Dengan menggunakan cara peningkatan entrepreneurship. Lalu menggunakan system branchmarking keliling dunia untuk perbaikan sistem pendidikan yang seperti apa harus di rubah dan di kembangkan bersama.

pengembangan. Dalam waklu 3 bulan ini,saya berusaha unluk memperbaiki infraslruktur sabagai penunjang, membangun komunikasi internal yang lebih baik, inovasi khusunya unluk

kegiatan mahasiswa . "Saya melihat ada polensi besar dan dasar pengalaman yang hebat untuk membuat 1M Telkom jauh lebih baik dan segera mewujudkan World Class University路 Ujar Pak Husni Amani dengan penuh yakin. Pak Husni juga menyatakan bahwa mahasiswa merupakan human capital yang potensial untuk menjadi motor penggerak yang berharga dari pengembangan potensi 1M Telkom.

Pak Husni Amani, sedang berbincang pada acara pisah 5ambu! Rek!or 1M Telkom di aula kampus Dayeuh Kolot

"Saya melihat ada potensi besar dan dasar pengalaman yang hebat untuk membuat 1M Telkom jauh lebih baik dan segera mewujudkan World Class University'


BINCANG路BINCANG

HUSNI AMANI IN 21

Berikut adalah 21 point yang dapat karni kutip dari Obrolan bersarna Bapak Husni Arnani yang akan diperbaharui dan dikernbangkan bersarna sederet rnirnpi.rnirnpinya bersarna 1M Telkorn: Konsolfdasi,pemetaan,akreditasi,evaluasi sislem belajar mengajar,mulai meluaskan komunikasi ke publik. 2. Upaya untuk lehih meningkatkan komunikasi ke publik,adalah dengan Perbaikan Website 1M Telkom, ke depannya akan di usahakan agar informasi yang di sampaikan di update setiap han, menampilkan informasi yang lebih variatif,dengan begitu 1M Telkom dapa! di pandang kampus yang sesungguhnya memang benar berbasis ICT. 3. Rencana strategis saya dalam kurun waktu 4 lahun ini, 2 tahun untuk masa peningkatan kualitas dan 2 tahun kedepan dalam masa pengembangan. Dalam waktu 3 bulan ini , saya berusaha untuk memperbaiki infraslruklur sabagai penunjang,membangun komunikasi internal yang lebih baik,inovasi khusunya untuk kegiatan mahasiswa. 4. Tanamkan optimis dan komitmen yang kuat untuk menghadapi tantangan besar di masa yang akan datang .


BINCANG路BINCANG 5. Saya melihal ada patenSi besar dan dasar pengalaman yang hebal untuk membuat 1M Telkom jauh lebih baik ke depannya dan segera mewujudkan World Class University 6.IM Telkom ini akan lebih memperluas jaringan,dengan pengadaan kolaborasi dengan instilusi lain.lebih mengembangkan publikasi di media. 7. Mahasiswa merupakan Potential Human Capital motor penggerak 1M Telkom 8. Lebih berpartisipasi dalam seminar internasional 9. Jika ada tamu dari industri,maka mahasiswa terbaik akan di beri kesempatan untuk ber-

presentasi dalam prosesnya 10. Terbuka untuk semua hal yang positif dengan memperbanyak dan memperkaya informasi dengan berita ekslernal 11. Kita akan lebih banyak mengembangkan entrepreneurship 12. Jangan lakul unluk memulai lujuan go inlernasional 13. Tunjukkan bahwa IMT mampu menjadi leader 14. Kila akan jatin hubungan yang lebih baik dengan berbagai macam media 15. Akan di upayakan unluk pengadaan Research Group 16. Lebih memperhalikan polrel priorilas,unluk saal ini adalah pengembangan infraslruklur 17. Mahasiswa sebagai molor dan bagian berharga dari proses pengembangan 1M Telkom 18. Di lingkalkannya Workshop campus alau bisa saja denga mengadakan video conference anlar kampus 19. Menonjolkan sisi academic life 20. Sering branchmarking keliling dunia unluk perbaikan sislem pendidikan yang seperti apa harus di rubah dan di kembangkan bersama 21. Akan menjadi Reklor yang dekal dengan mahasiswa Reporter: Daisy Photo by: Rangga R. Artikel: A nnisa Alfi

Foto Bersama jajaran Manajemen lama 1M Telkom


"Entrepreneurship for Teens" F MDK 1M Telkom tepatnya Prodi IImu Komuni-

kasi, telah berhasil merealisasikan kegiatan Pengabdian Masyarakat kepada anak-anak yang kurang beruntung, untuk mencicipi sewil kreati-

vitas yang suatu saat nanti akan dapat mereka pergunakan sebagai penunjang hidup. Kegiatan ini mencoba memberikan pemahaman tentang bisnis, memberikan bekal tentang penyusunan

business plan, serta merealisasikan ide-ide yang pada akhirnya bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. "Entrepreneurship for Teens" ditujukan kepada siswa SMA RPSAA Ciumbuleuit-Bandung, bertempat di kampus 3 1M Telkom-Setiabudi. Puji

syukur antusias para siswa sangat tinggi, terbukti dengan tingginya tingkat kehadiran mereka pada saat acara berlangsung.Bukan hanya materi saja yang diberikan pada acara ini, segenap panitia pun memberikan beberapa sumbangan berupa buku (buku pelajaran, novel, buku-buku motivasi), pemberian door prize me路 narik dan masih banyak lagi acara penunjang lainnya. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada setiap diri siswa agar ketika lulus SMA nanti,

dapat mengembangkan ide-ide yang ada menjadi sebuah usaha keeil serta menjadi manusia mandiri. Walaupun mereka adalah siswa sekaligus anak panti asuhan, bukan berarti mereka hanya berpangku tangan kepada pihak panti saja. Mereka juga bisa-bahkan HARUS bisa-seperti anakanak lainnya yang tidak tinggal di panti asuhan. Sebab bertempat tinggal di panti asuhan bukanlah keinginan mereka, itu hanyalah sebuah nasib yang harus dijalani. Nasib buruk bisa terpatri dl sekujur tubuh mereka, tapi bukan berarti kehldupan buruk pun tertanam dalam diri mereka. Sehingga dengan diadakannya aeara ini, kelak akan menjadi bekal dan motiviasi mereka untuk berjuang dalam menggapai hidup yang lebih balk. (Kon tributor: Puji Astuti Rezky)


UKM

SPOT

"Satu Keluarga Membentuk Generasi Rabbani" Tanggal 26 Juni 2010 lalu, GAMUS merayakan ulang tahun yang ke-10. lema milad GAM US tahun ini "Satu Keluarga Membentuk Generasi Rabbani ". Acara dibuka dengan saritilawah, dilanjutkan dengan sambutan dari alumnus 1M lelkom, Ketua Pelaksana, dan Presiden GAM US. Selain diisi ceramah dengan tema "Pengikat Hati dan Keluarga Rabbani" serta performance nasyid dari angkatan 2009, GNoice, ada beberapa hal yang menarik dari milad kali ini. Yang pertama

adalah bintang tamu, yaitu nasyid Pelangi yang beranggotakan tuna netra, namun, suara mereka tidak kalah dengan penyanyi-penyanyi profesional. Hal menarik lainnya adalah, acara ini juga menjadi ajang perkenalan pengurus GAM US periode 2010, yang tahun ini disebut PEMANAH alias 'Pengemban Amanah' yang terdiri dari 5 orang, Adi Susanto, selaku Presiden GAMUS, lofik Hidayat, Mahendra Ramadhan, Pratiwi Dwi Hapsari, dan Mardiah. "Visi GAM US tahun ini adalah membangun pribadi muslim yan g cendekia. Dan misi kami yaitu menjadi lembaga dakwah kampus untuk muslim, lebih mendekatkan diri pada Allah, menjadi role model 1M leikam, dan menciptakan sinergi, " jelas Adi Susanto. Dengan dipandu Mufti dan Vany, acara ini berlangsung dengan meriah. Selamat ulang tahun ke-lO untuk GAM US, semoga menjadi lebih baik kedepannya. (ell)


Global 'Peace feS1:ival

'POWER OF RCJ'PIAH

J

umat,24 September 2010 Institut Manajemen

Telkom terpllih sebagai tempat pertama dimulainya ilksi kampanye Power of Rupiah. Apa maksud dari Power of Rupiah int 11 Program ini adalah ilksi peduli terhadap anak-anak di Indonesia . Kemiskinan, kekufangan gizi, putu s sekolah dan banyaknya anak jalanan yang menye-

babkan program tercetus. Keunikan dari Power of Rupiah itu adalah setiap

orang dapat memberi dan memberdayakan kaum muda Indonesia untuk menolong anakanak yang kurang beruntung. Acara Ini juga mengundang Kak Seto Mulyadi, dimana iii berperan sebagai ambassador dari

Power of Rupiah ini, Kak Seto Mulyadi men8alakan program inj sangat baik bagi anak-anak

di Indonesia. Melalui program ini anak-anak dapat mepraktikkan budaya member; kepada orang lain, sehingga budaya tangan diatas lebih baik daripada tangan d ibawah."

~~~


Selain itu, beliau menyebutkan semua dana dari program ini akan dikoordinasikan dengan pemerintah dan diharapakan kedepannya akan terbentuk Indonesian Children Fun. Puncak acara akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal17 Oktober yang bertepatan juga dengan Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia. Sangat disayangkan, kurangnya publikasi menyebabkan acara yang sangat bagus ini terkesan kurang ramai, bahkan oleh mahasiswa IMT sendiri, meskipun begitu salut buat panitia yang berhasil membawa acara bertaraf internasional seperti ini ke 1M Telkom. (RIG)

Reporter Magaz.inc dari kiri kanan, Rini, Ni sa, dan Allan ketika mewancarai Kak Seto Mulyadi

jOkE!5


LIPUTAN EKSTERNAL

anhung hi mata

~ejarab

Sejarah ada lah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Sejarah

dapat berupa ke nangan, cerita, benda-benda antik dan lainnya. Tidak terkecuali Bandung, kota dengan sejuta pesona ini ba nyak menawarkan tempat pariwi sata yang keren banget. Kita lihat yuk ...

1. .fi(u.ltum Itonftren.ri a.ria afrika Museum in; merupakan museum bertaraf in-

ternasional. Cikal bakal museum ini adalah saat diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika di

Bandung pada tanggal 18 sampai dengan 24 April 1955. Dimana Konfe rensi ten;ebut mencapai kesuksesan besar, baik dalam mempersatukan sikap dan menyusun pedoman kerjasama diantara bangsa-bangsa Asia Afrika, maupun ketika ikut serta membantu terciptanya ketertiban dan perdamaian dunia. Konferensi ini melahirkan Dasa Sila Bandung yang kemud ian menjadi pedoman bangsa -bangsa terj ajah di dunia. Benda-benda koleksinya adalah semua yang digunakan pada saat Konter-

ensi Asia Afrika mulai dari perangko, meja, kamera, lukisan dan gambar·gambar para tokoh delegasi. Tiket masuk: GRATIS ~2DIDllj Museum yang,l/eren banget ini didirikan pada tanggal16 Mef 1928. Sebagai salah satu monu· men bersej rah. Oalam Museum ini, te rsimpan dan dikelola materi·materi geologi yang be d im· pah, seperti sil, batuan dan mineral. Kesemuanya itu dikumpulkan selama kerja Japangan di Indonesia sejak 1850. Kita pasti akan rde kagum saat melihat koleksiannya yang u ik 5eka ligus menarik. Museum ini juga cukup buat di kunjungin bersama teman, keluarga atau bahkan pacar. Tiket masuk: GRATIS

2 . .:fI(U.l2Um

3 . .:fI(U.l2Um :AJarli Berdirinya Museum Barli memperlihatkan perkembangan gaya seni lukis seorang Bari i, sebagai anggota "Kelompok lima Bandung" (bersama Affandi, Hendra Gunawan, Wahdi, dan Sudarso) dari masa ke masa, mulai dari aliran realisme, dari masa awallangkah Barli sebagai pe· lukis, impersionisme dan ekspresionisme. Museum yang berperan sebagai sarana apreasi ini mengumpulkan banyak karya seni rupa piliHan dengan nilai·nilai estetik yang patut menjadi nuakf senjata perjalanan seni rupa Bandung. Koleksjnya berupa lukisan-Iukisan karya seniman

~rlal.

JI. Prof. Sutami No. 91

Bandung 40152


LIPUTAN EKSTERNAL 4. :fIlUStum &ri _abulia ~ Peninggilriln- peninggaliln purba banyak dite mukan di sekitar gunung yang melingkari Kota

Bandung, seperti Dago Pakar dan Taman Sari. Ini menguatkan indikasi kalau Bandung du lunya adalah danau purba, dima"a di pinggir danau ditemukan adan.,.a kehidupan. Sangat logis," Itu adalah salah sa t u kesan ketika kita masuk ke dalam museum yilng satu ini. Bagi yang kurang

suka sejarah ada alternatif lain, yakn i dengan mengunjungi ke lantai 2 museum, sebab kita bisa melihat banvak pameran-pameran budaya di Jawa Barat, misalkan saja baju adilt pengantin dari herbagai daerah, alilt musik tradisional sampai malnan-mainan anak yang udah .

-. ,(. ' ., , '''--=-.. f!Y t .

kita lihat. Tiket ma5uk: Rp ""u,,)O ~

-1"'

~,I

" .. "';.

,".:

• ,,,•• ;.; ..;;. ....... .

~;J ~ -II

11. Kebun Binatang No.6 Bandung-40132

6 . .fi(UJeum .fi(anbala WangSit 6ili tDang:i Museum Wangsit Mandala 5iliwangi adalah museum senjata yang berada di Sandung, Jawa Sarat. Nama Siliwangi sendiri adalah seorang pendiri Kerajaan Pajajaran yang kekuasaanya tak terbatas. Konon, beliau adalah seorang raja yang arif dan bijaksana serta wibawa dalam menjalankan roda pemerin tahan. Sedangkan arti Mandala Wangsit adalah sebuah tempat untuk menyimpan amanat, petuah atau nasihat dari pejuang masa lalu kepada generasi penerus me lalui benda-benda yang ditinggalkannya. Pada tanggal23 Mei 1966, bangunan ini diresmikan sebagai Museum Wangsit Mandala Siliwangi ole h Pangli ma Divisi 5iliwangi ke·8, Kolonell bra· him Adjie. Koleksi Museum tersebut adalah benda-benda bersejarah seperti Tombak, Panah, Keris Kujang, dan Born Molotov, sampai dengan senjata modern seperti Panser Rei (buatan indonesia). Meriam, dan kendaraan lapis baja. Dan konon katanya, museum ini adalah salah satu spot seram di kota Bandung. (nsa)

Dari semua museum di Bandung, hanya museum Zoologi yang masih menyimpan koleksi makhluk hidup. Ya iyalah, karena muse um ini terletak d i dalam Kebun Binatang Kota Bandung. Memang tempatnya kurang terawat dan terlihat seram karena banyak hewan yang diawetkan. Namun museum ini menjadi saltsi perkembangan duni binatang di 8andung. Kolesinya berupa hewan-hewan yang diawetkan, ikan-ikan lueu tapi masi h hidup, dan telur-telur binatang. Tiket masuk R 500.00


Membingkai NASIONALISME Melalui Pembinaan Generasi Muda Indonesia Oleh COKI AHMAD SYAHWIER

(Dosen Tetap fnstitut Manajemen Te/korn) H ARI Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang

ke-6S, tanggal17 Agustus 2010, akan menjadi perayaan yang mengesankan di kota, desa, pegunungan dan di hamparan batas kaki bumi pertiwi. Berbagai persiapan sejak lama telah dilakukan untuk menyongsong hari bersejarah tersebut. Sudah tentu kemeriahan HUT RI ke-65 akan diisi dengan sejumlah acara yang disesuaikan dengan tema -tema nasionalisme.

Memang, nasionalisme menjadi landasan pokok ketika para pejuang merebut kemerdekaan dari para kolonia -

lisme penjajajah. Dapat kita bayangkan, betapa heroisme terus berkobar dengan semangat pantang menyerah pada masa itu. Heroisme diartikan sebagai pandangan yang didasarkan pada fanatisme kecintaan pada tanah air yang tidak rela diinjak-injak oleh paJG penjajah. Semangat heroisme inilah yang merasuk pada jiwa anak-anak muda para pejuang kemerdekaan, yang telah mempersembahkan kedaulatan bagi rakyat Indo路 nesia semesta.


Fase merebut kemerdekaan memang sudah dilampaui selama lebih kurang enam dekade lalu. Akan tetapi timbul pertanyaan, apakah jiwa nasionalisme dan heroisme yang dimiliki para generasi muda perebut kemerdekaan masih tertanam dan mengalir pada darah anak muda dewasa ini? Jawabannya, marilah kita bertanya pada rumput dan ilalang yang bergoyang-goyang karena diterpa hembusan semilir angin di ujung senja. Bisa juga kita memperoleh jawaban ketika menatap bulan purnama yang menyembulkan diri di sela-sela awan yang beriringan di waktu malam. Va! Bilamana rumput, ilalang dan bulan purnama dapat memancarkan makna, maka kita akan mendapatkan senyuman yang merekah yang terasa hambar nan pedar. Begitu pesimiskah kita dengan nasionalisme dan heroisme generasi muda sekarang? Tentu kita harus realistis dan jujur mengatakan, bahwa sebagian besar generasi muda masih memiliki jiwa nasionalisme dan heroisme yang menyala-nyala. Namun, tidak sedikit pula generasi muda yang bertindak dengan perilaku yang anomali terhadap hakikat nasionalisme ke-Indonesiaan. Sudah terlalu banyak perilaku generasi muda yang mempertontonkan sesuatu yang jauh dari nilai-nilai nasionalisme dan heroisme. Bahkan terbersit di benak kita, apakah kita para generasi muda mampu melanjutkan amanah yang disampaikan para pejuang kemerdekaan terdahulu? Sungguh aneh tapi nyata, seolah generasi muda yang berperilaku anasionalisme tidak menyadari betapa mereka dapat merusak jati diri bangsa. Setidaknya ada empat belas faktor, mengapa generasi muda terjebak dalam perilaku anasionalisme dan menyimpang dari jati diri bangsa. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut: (1) kegamangan yang menyelinap ke dalam jiwa yang berada pada posisi transisi dari kematangan pribadi yang minimal menjadi kepribadian yang kuat dan bertanggungjawab, (2) lingkungan pergaulan yang tidak memiliki orientasi pada peningkatan

kualitas hidup, (3) pola asuh yang jauh dari rasa mengayomi dan perlindungan dalam membangun kejatidirian yang kuat, (4) kesenjangan dalam mencapai optimalisasi pengetahuan dan informasi yang menjadi modal dalam merajut kehidupan masa depan, (5) kehilangan tokoh yang pantas dianut sebagai dasar pijakan dalam membentuk persepsi dan ekspektasi, (6) budaya kekerasan dan hedonisme yang sempat dirasakan ketika masih berusia muda, (7) aktualisasi diri yang tidak tersalurkan pada aktivitas yang positif, (8) nilai-nilai religius yang terlepas dalam proses pendewasaan diri, (9) perspektif sejarah kebangsaan dari masa awal membangun sampai dengan masa pembangunan, (10) globalisasi budaya dan ekonomi yang cenderung memaksakan kehendak bagi terbentuknya transformasi budaya, (11) pemahaman karakter bangsa yang kurang memadai, (12) penerimaan masyarakat yang cenderung menilai rendah terhadap aktualisasi keberadaan generasi muda, (13) penggunaan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak pada proporsi yang etis dan memenuhi norma-norma sosial yang berkembang, (14) sanksi sosial dan hukum yang kurang tegas terhadap perilaku anasionalisme sehingga menimbulkan rasa yang tidak jera.

Cokl Ahmad Syahwler, SE.,MP ada/ah dosen tetap 1M Te/kom, mengajaf di 1M Telkom sejak tahun 2000/2001. Spesialisasi keilmuannya ada/ah ilmu ekonomi (economics). Melakukan beberapa penelinan mengenai ekonomi dan bisnis. 5ering menulis artikel ekonomi don bisnis pada harian umum Pikiran Rakyat - Bandung dan menu/is beberapa buku. Habi yang sering di/akukan ada/ah traveling, otomotit, tutsal, bakti sosial dan berdiskusi dengan topik ekonomi, bisnis, dan kemahasiswaan. Pembina beberapa UKM 8EM 1M Telkom.


Faktor-faktor tersebut di atas merupakan penghalang yang patut untuk diwaspadai, mengingat begitu kuatnya arus perubahan saat ini. Bilamana bangsa ini ingin memiliki generasi penerus yang mempunyai kapabilitas tinggi dalam melanjutkan cita-cita kemerdekaan, seyogianya faktor-faktor tersebut dapat segera dieliminasi. Jika tidak, kita akan terbawa arus deras ke dalam liIitan belenggu yang sulit dilepaskan. Lihatlah bagaimana nantinya kemampuan daya saing bangsa ini dalam menghadapi kekuatan-kekuatan baru dari bangsa-bangsa di dunia. Jangan-jangan kita hanya menjadi penonton di tengah-tengah bunyi genderang pelaku-pelaku ekonomi dunia. Kita bukan lagi sebagai kekuatan yang dapat memainkan peran dalam konsetelasi hubungan internasional, melainkan hanya peserta partisipasi yang tidak berpengaruh. Oleh karena itu, sudah saatnya semua komponen bangsa melihat serta menterjemah dengan jeli dan akurat perkembangan dunia saat ini. Kejelian menuntut kita untuk terus membenahi karakter bangsa, terutama generasi muda, agar jiwa nasionalisme dan heroisme tetap melekat dan terpatri dalam pribadi masing-masing. Sejalan dengan hal terse but, diperlukan formulasi pola tindak yang komprehensif, konektif dan efektif antara semua pihak yang terkait dengan pembinaan dan pembangunan karakter generasi muda. Formulasi pola pembinaan dapat dijalankan atas dasar hubungan vertikal, horizontal yang selanjutnya mendiagonalisasikan hubungan tersebut. Formulasi pola pembinaan dalam bentuk hubungan vertikal adalah pembinaan atas dasar pengarahan dari orangtua, pendidik, tokoh masyarakat terhadap individu generasi muda. Pengarahan lebih banyak mengedepankan komunikasi dialogis berupa norma-norma sosial dan agama yang diinternalisasikan dalam perilaku, persepsi dan ekspektasi. Ukuran keberhasilan pola hubungan ini adalah terbentuknya kesadaran dasar untuk memilah-milah perilaku yang benar dan sesuai dengan norma-norma 50sial dan agama.

Formulasi pola pembinaan dalam bentuk horisontal adalah pembinaan atas dasar hubungan antarindividu segenerasi yang berorientasi pada pembentukan sikap yang bertanggungjawab alas pencapaian prestasi. Orientasi cenderung membawa pergaulan pada konteks pencapaian produktivitas dan proses pembangunan kemampuan dan keahlian. Ukuran keberhasilan pola hubungan ini adalah terjalinnya kesetiakawanan, terbentuknya tanggung jawab sosial yang kental, memiliki rasa saling menghargai, berani menyatakan kejujuran dan mampu memberikan apresiasi bagi suatu prestasi. Pada akhirnya, pola hubungan vertikal dan horisontal dibingkai dalam pola diagonal yang saling terintegrasi dan konektasi. Namun demikian, pola pembinaan generasi muda seyogianya memasukkan sejumlah prinsip sebagai berikut: (I) berorientasi masa depan yang berprestasi (2) bertindak sportivitas, (3) menjunjung falsafah ideologi bangsa, (4) tidak terseret ke jalur melawan hukum, (4) menjaga solidaritas yang santun, IS) bermanfaat secara kolektif, (6) berdaya tahan atas pengaruh asing yang negatif. Berdasarkan uraian di atas, dapat diperkirakan apabila pembinaan generasi muda dijalankan dengan kesadaran nasionalisme yang tinggi, Indonesia akan maju dan jaya. Hanya generasi muda yang memiliki kesadaran nurani yang dalamlah berkeinginan untuk menjadi bagian dari suatu generasi yang sukses dan berprospek. Oleh sebab itu, jadilah bagian dari generasi muda Indonesia yang unggul dalam berkarya, berprestasi dan berinovasi. Semoga di tengah-tengah perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 65 ini, generasi muda Indonesia bisa membawa bangsa dan negara yang berdaya saing tinggi di kancah persaingan internasional. Rumput dan ilalang pun akan tersenyum seindah sinar bulan purnarna di tengah malam. Semoga saja! (Artikel ini ditulis di Pantai Kamali Kota Bau-Bau Propinsi Sulawesi Tenggara 2S Juli 2010.)


#1 . Pisetta, Italian Ice Cream and Pancake Parlor Hmmmmmm, kayaknya sekarang Mat Nikmat

giliran meliput makanan yang manis-manis nih .. Maka n apa, yaaa? Kolak? Cendol ? Bosen . Wah, makan pancake ka yanya enak

nih. Empuk-empuk gimanaaa giW, ka n?1 Hohoho . Pancake yang enak di mana, ya?

Aaahhh, menuru t kabar burung sih, pancake

di Piserta enak. Oke, me/uncurll

Lokasi Cari-cari info di google, dapet nih lokasi Pisetta.

Ada yang di Ciwalk, ada juga yang di Jalan Bahureksa. Ah, males ke Ciwalk, ribet parkirnya (alesan sih, padahal karena parkirnya mahal aja. Hahaha). Bahureksa di mana, sih? Internet sungguh membantu pekerjaan manusia di era yang

sulit ini (apa sih, ah!). Jalan Bahureksa itu, kala dari Riau Junction lewat Trunojoyo, ntar lurus aja menuju Jalan Banda. Nah, sebelom masuk ke Jalan Banda itu udah Jalan Bahureksa. Pisetta ada di sebelah kiri. Begitu sampai di Pisetta, tempatnya lumayanlah. Nggak jelek, juga nggak bagus-bagus amat

--

Lokasinya enak, karena tempatnya di rumah路rumah, jadi jauh dari lalu lalang kendaraan


Ya pokoknya lumayan pewe~lah. Yang bikin enak dari tempatnya itu, karena lokasinya di sekitar rumah-rumah. Jadi, nggak banyak mobil atau motor lalu lalang. Jadinya kan sejuk-sejuk gimanaaa gitu. Hehehe.

Menu Makanan Menunya macem-macem juga, ada Home Made Ice Cream, Pancake, Waffle, Poffertjes, Crepes, dan ada makanan berat kayak pasta dan menu nasi. Judulnya sih Italian Ice Cream, tapi kok makanannya Pancake, Waffle, Poffertjes? Itu bukannya makanan Belanda, va? Es Krim-nya aja kali, va, yang Italian?! Ah, sebodo amat, yang penting sikat ajalah. Haha. Karena pilihan menu yang banyak, saya pesan 2 aja buat icip-icip. Hehe. Saya pesan Blueberry Cream Cheese Pancake sama Waffle Volcano. Minumannya es teh yang jumbo size. Untuk menu pancake, waffle poffertjes dan crepes, di sini menyediakan yang manis dan ada juga yang asin.

Cita Rasa Pesanan dataaangi Uyeeaaahhhh! Langsung comot Blueberry Cream Cheese Pancake-nya. Pancake ini disajikan tanpa es krim, cuma pake blueberry sama cream cheese. Cream cheese-nya royal banget, banyak dan padat. Pancake-nya enak, anget-anget empuk gitu. Ahahaha. Tapi, begitu dicoba sarna blueberry-nya, saya kurang doyan. Blueberry-nya agak-agak pahit. Nggak tahu emang rasa blueberry kava gitu atau karena lidah saya biasa ngemut gula jawa kali, va, jadi kerasa pait banget?1 Tapi, itu rasa blueberry~nya aja. Ternyata blueberry tersebut emang harus dimakan bareng cream cheese-nya kali, va?!

Cream cheese-nya gurih, berasa banget susu dan keju-nya. Enak cream cheese-nya. Luka hati karena kekecewaan terhadap rasa blueberry yang pahit itu langsung lenyap, begitu cream cheese tiba di pangkallidah. Hahahahaha. Overall, pancake-nya emang enak. Tapi, balik lagi ke topping untuk selera masing-masing aja. Sekarang gili ran Waffle Volcano. Waffle Volcano itu wafel yang disajikan dengan coklat masak cair dan satu scoop es krim. Untuk es krim-nya boleh pilih sendiri, mau rasa apa. Saya pesan yang rasa Black Forest. Rasanya? Enakl Waffle-nya enak, gurih, garing, kriuk-kriuk. Es krim-nya apalagi, beneran enak loh. Es krim-nya seger, dan ada sedikit rasa rum-nya. Menurut saya, topping di waffle ini lebih sukses dibanding topping dipesenan pertama. Hahaha.

Waffle Volcano itu wafel yang disajikan dengan coklat masak cair dan satu scoop es krim_


Harga Oi sini, untuk harga pancake dan waffle sendiri, mulai dari Rp. 18.000-an sampai Rp. 30.ooo-an. Kalau yang Blueberry Cream Ceese sendiri, Rp. 22.ooo-an dan Waffle Volcano Rp. 27.000-an. Untuk es krim, satu scoop-nya Rp. 11.000, double Rp.19.000, triple Rp. 27.000 dan combo Rp. 46.000. Tapi, kalo menurut saya, sih, mending sekalian sarna pancake atau waffle. Daripada es krim-nya doang, jadi lebih mahal soalnya. Ada juga Sundae, harga nya Rp. 22.000 sampai Rp. 35.000. Untuk Poffertjes dan Crepes harganya lebih murah, mulai dari Rp. 12.000 sampai Rp. 25.000. Pasta atau menu nasi sekitar Rp. 23.000 sampai Rp. 28.000. Agak mahal ya makanannya. Tapi terbayar sarna rasanya. Hohoho.

RESULT:


#2. Giggle Box 8eberapa femen ngerekomendasiin tempat in; untuk diliput. Katanya

tempatnya enak, makanannya juga enak. Karena penasaran, google kembali beraksi. Lokasi Giggle Box ada di Jalan Proga. Jalan Proga itu ja-

lanan yang ada di samping Jonas Photo. Dari situ tinggallurus aja, sampe deh di Giggle Box. Dari

luar, tempatnya uchuull abiiettchhh gettoohh. Hahaha. Giggle Box ini masih tergolong tempat baru di Bandung. Interiornya bergaya rumah-rumah di Eropa. Tempatnya suasana homey gitu,

kayak di rumah. Tapi rumah saya nggak gini ah suasananya, kapan ya kayak begini? Maaf cureol.

Menu Makanan Untuk menu makanan terbagi atas makanan we-

stern, Indonesian, dan appetizer. Ada juga beberapa makanan untuk desert-nya, kayak ice cream. Beberapa menu ada yang tertulis recommended. Minumannva juga dibagi menjadi dua. Tentu saja minuman panas dan minuman dingin

Cita Rasa Sava mencoba Fish and Chips. Kata orang-orang

sih enak. Kalo nggak enak berarti lidah saya emang kampung, biasanva makan ikan lele, sih. Pesanan datang dan .. svukurlah sava dovan. Hahaha. Daging ikannva lembut, dan disajikan dengan saus tartar. Enak, enak. Tapi saus-nya kurang banvak, vaaaa!!

Giglle Box ini masih terlolong tempat baru di Bandung. Interiornya bergaya rumah*rumah di Eropa.


Lanjut ! Chicken Schnitzel. Kata mbak-mbak-nya sih enak dan porsi ayamnya besar. Kita milih sendiri jenis sausnya untuk Chicken Schnitzel ini -bisa mushroom sauce, barbeque sauce dan sebagainya. Saya pesan yang barbeque sauce. Untuk penyajiannya, mirip-mirip sarna Fish and Chips. Tapi daging dan sausnya lebih banyak. Disajikan dengan kentang, tap i bisa pesen nasi juga. Rasanya ? Enak juga, kok. Hehehe .... Malah saya lebih doyan yang ini daripada Fish and Chips. Ada juga menu lain, kayak Pasta, Steak, sampai Sop Buntut. Minumannya, saya pesen Hot Green Tea lartte. Huhuhuhu ... saya nggak doyan. Tegukan pertarna sih enak, tapi belakangan jadi enek juga. Well, balik ke lidah kali, ya?1 Biasa ngeteh celup jadi agak kagok kali. Hahahaha ngeles! lanjut pesen lagi, saya lupa namanya - tapi kayak Strawberry Smoothies gitu, pake ice cream float . Segeeerrr lagi, yeah !

Harga Harganya untuk makanan mulai dari belasan ribu sampai Rp. 3D.DOD-an. Yang Chicken Schnitzel muraah. Tapi lupa, kayaknya sih Rp. 18.000-an. Hehe. Kalau yang Fish and Chips, harganya Rp. 25.000. Lumayanlah untuk ukuran cafe. (Nikki)

RESULT:

Untuk menu makanan terbagi atas makanan western, Indonesian, dan appetizer. Ada juga beberapa makanan untuk desert-nya, kayak ice cream.


kar.en T~AT

DITE"UKAN :

MOBU . inc Cipaku Permai No.1 Bandung Utara

\'2"ASKEREENllJ }an t'n tuk selan j utnya }ICARI : Anak GAUL

Fav.desain: ausik,emmo,girly,sporty, an~ ,etc. (own design) jadi anak


,

(X

c..

"'\: '\

o

<i!f?'8c/-"

",'

:-JIe:

V' -c-' o~ ,

,;

\,

~

<J,x~

~

-{

/C x',..

0

,"

q

.>.\..

~

IS

I); ,

~

">

,

-II ().

.p

<1-

'>

"' e"

...

)

" " '" ~

-l (.

i1-

-.)

~

Q

to

" ...

"\

~

1-

" ,

1

0

,

• .... "-

...

,


Tnt- IM T t-\\:.om Mo.so.eiNtOistf'ibutd ovt-f' 1.,000 cop~ o.f'oul'lc! IM T t-\I:.om, IT T t-\\:.om, o.NcI Po\~tt-cnNic T t-\\:.om

:

,


MAGAZ.INC #7-we all run together!