Page 1

Majalah BEM ITS Edisi 9 | April 2016 Majalah BEM ITS Edisi 9 | April 2016

BUKAN SEKEDAR WACANA

Bukan sekedar wacana

TAMPANG BERANI TAMPANG BERANI BEM ITS BEM ITS

HAI MUBES V Tampang Berani

Vivat Magz

3


SUSUNAN REDAKSI. VIVAT MAGZ salam redaksi

Pelindung

Hanif Yontar Rahma Mia Eka Setyaningsih

Penanggung Jawab

Layouter

Novangga Ilmawan

Muhammad Nur Iskandar Dedy Puji Jayanto Dzulhijjahini Ismi Nafia Anisa Estu Murbawani Reihan Maulana

Pemimpin Umum Akhmadi

Sekretaris Umum Rahmatul Is ghfarin Spada! Majalah Vivat kembali hadir di hadapan anda sekalian, tentunya dengan tampilan, isi, dan sajian yang baru. Tema Vivat edisi ke-sembilan ini khusus menguraikan pengenalan BEM ITS Berani, siapapun di balik nama Berani, dan apa saja yang ada di dalamnya. Bukankah pepatah mengatakan, Tak kenal maka tak sayang? Karena dak ada pengenalan tanpa diawali, maka disini BEM ITS mengawali mengenalkan diri kepada pembaca terhormat, dengan harapan ke ka sudah mengenal BEM maka selanjutnya juga mengenal program – program unggulannya, yang sudah barang tentu bermanfaat. Diantara yang harus dikawal bersama saat ini ialah Mubes V yang berada dalam proses pematangan. Salam sukses, Para Pemberani!

Editor

Prof Ir Joni Hermana M.Sc, ES, PhD

Pimpinan Redaksi Ihdina Sabili

Redaktur Pelaksana Ilham Firdianto

Reporter Adzalia Andarista Utomo Gde Bayu Adityaputra Sasmitha Ayu Wibowo Salsabella Savera Sam Aldini Ahmad Fawaiz Safi’ Annisa Nurul Aini Fawaizul Faidah

Marke ng Ivan Avianda Widagdo Salomo Partogi Sihombing Nadia Insyira Rizky Praditya Ardian Fazlur Rahman Oriza Dewi Karrisa Gussilvia “BEM ITS punya wajah baru, katanya sih wajah-wajah para PEMBERANI”

Tampang Berani BEM ITS

BEM_ITS @BEM_ITS BEMITSSURABAYA VIVAT PRESS

Office : Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS Gedung SCC Lantai 2, Kampus ITS Sukolilo Surabaya, Jawa Timur, Indonesia Email : bem@its.ac.id / bem.its.ac.id

#9


ERA MUBES IV AKAN SELESAI bhay mubes IV

Q

&A

Tim redaksi melakukan penelusuran informasi terhadap Kementerian Dalam Negeri (Dagri) BEM ITS 2015/2016. Adalah Yusuf Sulthoni yang berkesempatan menjadi narasumber dalam Hotnews kali ini. Lalu, seper apa pemaparan dari Menteri Dagri tersebut ? Let’s see !

2

Vivat Magz

Tampang Berani

Dalam perjalanannya, MUBES di ITS telah mengalami 4 kali pergantian. Dan sebentar lagi akan diadakan pergantian yang kelima.

Mengapa harus diganti menjadi MUBES V? didasari dengan perubahan perubahan yang terjadi di ITS dan juga hasil MTT III yang merekomendasikan adanya perubahan MUBES . Siapa yang turut andil dalam perubahan MUBES V? Seluruh KM ITS yang dalam proses perubahan dilakukan oleh Tim FKHM dan Tim Ad-Hoc. Apakah MUBES V itu? MUBES merupakan landasan hukum tertinggi yang digunakan sebagai acuan dalam gerakan kemahasiswaan di ITS. MUBES dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan KM ITS yang sudah berubah mengikuti perkembangan jaman. Dalam perjalanannya, MUBES di ITS telah mengalami 4 kali pergantian. Dan sebentar lagi akan diadakan pergantian yang kelima. MUBES pertama di tahun 1994, MUBES II di tahun 1998, MUBES III yang berlangsung di Wale Papetaupan II, Prigen pada tanggal 26-29 Agustus 2001, dan MUBES IV di tahun 2011

BOOK REVIEW Judul Penulis Penerbit Jml Halaman Tahun

ENTERTAIN

: HUJAN : Tere Liye : Kompas Gramedia : 320 halaman : Januari 2016

menerima itu semua sebagai takdir yang telah digariskan untuknya.

Hujan, satu frasa yang umumnya selama ini memberi kesan pertama pada pembaca mengenai hal – hal yang berbau kesedihan, tentang kenangan, merelakan, dan hal syahdu sejenisnya. Namun di buku bertebal 20 cm ini, Tere Liye mengemas “Hujan” menjadi satu hal yang mampu mengikat memori manusia, tepatnya sang pemeran utama disini adalah Lail. Dengan berbagai liku kehidupan dan konflik ba n yang dialami Lail sepanjang perjalanan menjadikan dia sebagai sosok yang matang, dewasa, dan utuh. Luka lama akibat kehilangan orang – orang terkasih dak serta merta membuatnya jatuh dalam kubangan kesedihan terlalu dalam.

Bumi dan perputarannya, bukanlah perkara ya n g a b a d i , b e r b a ga i fe n o m e n a a l a m terkandung di dalamnya menimbulkan berbagai potensi yang dak dapat diprediksi manusia, paling genius sekalipun. Tere liye pada “Hujan” ini juga mengisahkan bagaimana pola kelestarian bumi dan isinya dengan bertopang teknologi yang semakin canggih. Kisah fiksi berlatar waktu tahun 1940-an ini mampu menerbangkan imajinasi pembaca pada hal – hal khayal maha canggih yang akan terjadi pada satu abad ke depan.

Dengan dorongan Esok, sosok pen ng dalam hidup Lail, membuatnya merajut kembali mimpi – mimpi indah yang telah lama dia bayangkan, selepas bencana besar yang dak hanya mengubah total hidupnya, akan tetapi juga hidup seluruh manusia di Negaranya bahkan di dunia. Lail percaya bahwa pada semua kenyataan yang ada di hadapannya, dak patut baginya untuk meratapi dan melupakan semua begitu saja, akan tetapi yang terpen ng adalah bagaimana dia bisa

Secanggih apapun peralatan diciptakan manusia, sepintar apapun para ilmuwan meneli , namun jika ba waktunya hilang dan punah maka tak ada yang mampu melawan. Maka bukan seberapa lama umat manusia bisa bertahan hidup sebagai ukuran kebahagiaan, tapi seberapa besar kemampuan mereka memeluk erat – erat semua hal menyakitkan yang mereka alami, bukan melupakan yang menjadi masalah, tapi bagaimana kita belajar menerima. Tampang Berani

Vivat Magz

35


HOT NEWS

Q

hai mu bes

V

&A

BEM ITS DENGARKAN CURHATAN KM ITS BEM ITS dibanjiri berbagai pertanyaan dan curhatan KM (Keluarga Mahasiswa) ITS seputar isu-isu atau peristiwa-peristiwa yang sedang dan telah terjadi di Kampus Perjuangan ini. Semua pertanyaan tersebut tertuang pada salah satu program kerja (proker) baru BEM ITS BERANI yang bernama SAFAAT.

Kapan MUBES harus dirubah? Perubahan MUBES terjadi ketika kebutuhan KM ITS atas MUBES dirasa tidak relevan dengan perubahan situasi dan kondisi yang ada di ITS saat ini.

Pusat Informasi dan Curhat atau yang lebih dikenal dengan SAFAAT merupakan salah satu program kerja baru dari Kementerian Kebijakan Kampus BEM ITS. Ini adalah kali pertama diadakannya program dimana KM ITS dapat menyampaikan keluh kesahnya yang dak sempat tersampaikan dalam se ap kali diadakannya diskusi atau forum, dan dapat disampaikan melalui media sosial. Jadi,program ini memberikan wadah bagi KM ITS yang ingin bertanya seputar isu-isu di ITS atau mencurahkan keluh kesahnya.

Dimana peran KM ITS dalam perubahan MUBES? KM ITS dapat membantu mengawal dan mengawasi perubahan MUBES IV menjadi MUBES V.

Diharapkan KM ITS akan bahu-membahu mengawal pembentukan MUBES V dan kontributif di masa transisi dari MUBES IV ke MUBES V. Vivat! (sam/din)

4

Vivat Magz

Tampang Berani

bhay mubes IV

Pada bagian manakah dari MUBES yang diubah? Bagian yang dirasa sudah tidak relevan dengan situasi dan kondisi kekinian di ITS.

Alasan utama adanya SAFAAT ini adalah karena dak semua KM ITS dapat menghadiri se ap diskusi atau forum yang diselenggarakan oleh Jakpus. Oleh karena itu, Jakpus berinisia f untuk membuka pertanyaan atau diskusi dengan KM ITS secara langsung melalui akun oďŹƒcial line BEM ITS. Rata-rata masalah atau

pertanyaan yang diajukan KM ITS adalah seputar UKT, perubahan jalan di persimpangan dekat jurusan Biologi, kelanjutan MWA-WM, dan masih banyak lagi. Semua pertanyaan yang ada dijawab satu per satu oleh para punggawa Jakpus.Berbagai pertanyaan yang muncul pun tak hanya sekedar masalah yang pen ng saja tetapi juga ada yang curhat tentang masalah pribadi mereka, yang membuat SAFAAT ini lebih berwarna. Menurut Menteri Kebijakan Kampus, Oji, SAFAAT hanya dilakukan pada waktu tertentu dan nan nya akan difokuskan ke dalam sebuah tema diskusi dan selanjutnya menjadi pokok bahasan yang akan dilanjutkan ke beberapa acara lainnya seper acara SAFARI Jakpus. Antusias dari para penanya pun begitu luar biasa. Ada sekitar 200 orang yang bertanya. Ternyata dak hanya dari KM ITS sendiri tapi ada juga dari mahasiswa S2, siswa SMA, dan komunitas-komunitas yang ada di Surabaya. Jakpus berharap dengan diadakannya SAFAAT yang pertama ini agar kita mengetahui isu-isu yang paling banyak dibicarakan untuk bisa diadvokasikan ke birokrasi jika perlu dan yang kedua mengetahui peran kita (Jakpus) dalam menghadapi isu-isu tersebut. (mia) Tampang Berani

Vivat Magz

33


PROFIL

NOVANGGA ILMAWAN

MENJADI B PEMBERANI SEUTUHNYA

UNTUK KM ITS YANG LEBIH BAIK!

6

Vivat Magz

Tampang Berani

abak pemilihan Presiden BEM ITS 2015/2016 telah lama usai. Kini Novangga Ilmawan yang akhirnya terpilih sebagai Presiden BEM ITS 2015/2016.

Novangga Ilmawan adalah seorang mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS 2012 kelahiran Gresik, 22 Nopember 1994. Ia adalah lulusan SD Petrokimia Gresik yang kemudian melanjutkan ke salah satu sekolah favorit kabupaten tersebut, yakni SMPN 1 Gresik. Setelah lulus dari SMPN 1 Gresik, ia mencoba menda arkan diri ke SMA Taruna Nusantara setelah sebelumnya mengiku sosialisasi dari sekolah tersebut. Tanpa diduga, ia lolos melalui jalur prestasi non-kemitraan.

Tampang Berani

Vivat Magz

3


4

PROFIL

MENKO BERANI EKSPANSI Khalid Abri

MENKO BERANI BERKARYA M. Salman Alfarisi

MENTERI KOORDINATOR BERANI EKSPANSI Sebagai Kementerian Koordinator Berani Ekspansi yang membawahi 4 (empat) kementerian, yaitu Hubungan Luar, Kebijakan Publik, Komunikasi dan Informasi, dan Pemuda dan Kebangsaan, tentu membawa tanggung jawab yang sangat berat. Bertugas untuk mengonsep, mengoordinasikan dan melaksanakan peran eksternal BEM ITS secara komprehensif dan terstruktur. Peran Menko disini memiliki fokusan dalam bidang sosial poli k, hubungan eksternal, komunikasi dan informasi serta nilai kebangsaan. Untuk menunjang peran eksternal serta nilai kebangsaan Kemenkoan Berani Ekspansi memiliki beberapa program kerja diantaranya YES Summit dan Juga Pengawalan Aliansi BEM Seluruh Indonesia.

5

MENTERI KOORDINATOR KOMUNIKASI INTERNAL KAMPUS One Team, One Spirit, One Goal, Kementerian Koordinator Bidang Komunikasi Internal Kampus memiliki fokus khusus pada internal kampus, baik kepada mahasiswa, birokrasi, ataupun pihak yang berhubungan langsung dengan kampus. Kementerian yang ada di bawahnya adalah kementerian Kesejahteraan Mahasiswa, Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa, Dalam Negeri, dan Kebijakan Kampus. Setelah mengalami restrukturisasi kabinet, posisi Menko ini dibagi kepada ga pihak yaitu Presiden BEM ITS, Sekretaris Jenderal BEM ITS dan Menko Berani Ekspansi. Lebih jauh Presiden menangani pengawalan Musyawarah Besar V KM ITS dan hal yang berkaitan dengan kebijakan kampus, Menko Berani Ekspansi menangani ITS Expo dan Big Event, sedangkan Sekretaris Jendral menangani KM ITS Award serta fungsi utama Menko Komunikasi Internal Kampus itu sendiri.

6

MENTERI KOORDINATOR BERANI BERKARYA Penggerak kesadaran insan pemberani KM ITS melalui karya demi kebermanfaatan nyata bagi masyarakat. “Pergerakan krea f mahasiswa ITS melalui karya hanya akan menjadi nama jika tanpa ada langkah implementasi. Masyarakat sebagai objek utama dalam pergerakan periode ini“ ungkap Salman. Tiga kementerian di bawah menko ini adalah Riset dan Teknologi, Sosial Masyarakat, dan Perekonomian. Menko Berani Berkarya ini bermimpi mewujudkan “Menyentuh Kampus Teknologi” yang berangkat dari kondisi lingkungan, untuk meruntuhkan dinding batas antara mahasiswa ITS dan masyarakat sekitar, supaya hubungan baik dapat tercipta. Dengan adanya Menko Berani Berkarya ini, kesadaran mahasiswa ITS bahwa mereka merupakan bagian dari masyarakat perlu ditumbuhkan, supaya kita dapat memberi manfaat pada masyarakat. (adz/mia/gba/din)

LEGENDA GAMBAR 4. INILOH ITS 5. HTBH 6. FOCUS GROUP DISCUSSION

Tampang Berani

Vivat Magz

3


PROFIL

BSO Vivat Press, dari Tulisan untuk Harmonisasi KM ITS

Akhmadi Direktur BSO Vivat Press

Rahmatul Istighfarin Sekretaris Direktur

10 Vivat Magz

Tampang Berani

K

epengurusan Badan Ekseku f Mahasiswa (BEM) ITS Periode 2015/2016 melahirkan dua Badan Semi Otonom (BSO) baru. Salah satunya adalah BSO Vivat Press . BSO Vivat Press bergerak dalam bidang media jurnalis k di Keluarga Mahasiswa (KM) ITS. Mereka memiliki visi yakni 'Menjadi Media Jurnalis k Terdepan di KM ITS'. “Dari visi itu, tercermin semangat bahwa, BSO ini ingin menggagas iklim jurnalis k di kampus perjuangan ini,” jelas Akhmadi, Direktur BSO Vivat Press tersebut. Pada kepengurusan kali ini, BSO yang akrab disapa BSO VIP ini memiliki delapan Pengurus Harian (PH) dan 17 staff. Direktur dan Sekretarisnya VIP pada tahun ini adalah Akhmadi dan Rahmatul Is ghfarin. BSO VIP juga memiliki empat program kerja (proker) dan tujuh agenda yang akan dilaksanakan selama satu tahun kepengurusan BEM ITS Berani 2015/2016 ini. Prokernya adalah Majalah Vivat, Poseidon, Gerakan ITS Menulis dan Vivat TV. Untuk agendanya, ada Press Release (pemberitaan), BIVA (BEM ITS Vivat Adver sing), Fundrising VIP, Distribusi Majalah VIP, Infografis Cerdas serta Suppor ng Fundrising. Tagline dan sekaligus jargon 'Vivat Press, jagonya berita selera pemberani' pun sering dikumandangkan ke ka ada kegiatan bersama. Yaitu gaya tangan ultraman juga menjadi andalan BSO ini ke ka berada di depan lensa. (akh/din).

ITS KEMBALI JUARA Shell Eco-Marathon Asia 2016 ITS Team Sapuangin berhasil menyabet gelar Juara I dalam Shell Eco-Marathon (SEM) Asia untuk kelima kalinya

M

ahasiswa Ins tut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali mengharumkan nama almamater dan Indonesia dalam kancah internasional. ITS Team Sapuangin berhasil menyabet gelar Juara I dalam Shell EcoMarathon (SEM) Asia untuk kelima kalinya di kategori Urban Concept berbahan bakar diesel yang digelar di Manila, Filipina selama ga hari.

Menurut Rizkiardi Wilis, General Manager ITS Team Sapuangin, prestasi yang ditorehkan oleh m daklah mudah. "Kami memiliki waktu yang singkat untuk merancang mobil dan minim uji coba, tetapi kami telah m e m i l i k i p e n ga l a m a n ya n g c u ku p d a r i keikutsertaan kami dalam kompe si serupa ngkat nasional,” ujar mahasiswa S1 Teknik Mesin tersebut. "

SEM dibagi kedalam ga wilayah, yakni SEM Asia, SEM Amerika, dan SEM Eropa, di mana juara dari masing-masing kategori SEM akan ikut serta dalam Drivers' World Championship. Atas keberhasilan meraih juara satu dalam kategori Urban Concept berbahan bakar diesel, ITS Team Sapuangin untuk pertama kalinya berkesempatan ikut serta dalam Driver's World Championship yang akan dilaksanakan di London, Inggris.

Saat ini ITS Team Sapuangin tengah mempersiapkan untuk mengiku Driver's World Championship. “Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami untuk bisa bertanding dengan m dari Amerika maupun Eropa, dan semoga kami dapat kembali mengharumkan nama Indonesia dan almamater ITS kedepannya,” terang Wilis. (gba/yon/din)

Tampang Berani

Vivat Magz

27


PRESTASI

Perkenalkan, BSO Baru BEM ITS Berani Bakor Pemandu !

B

Fandi Adi N Direktur BSO Bakor Pemandu

adan Semi Otonom (BSO) merupakan struktur kepengurusan yang baru di BEM (Badan Ekseku f Mahasiswa) ITS periode 2015/2016. Salah satu BSO di BEM ITS 15/16 ini yaitu Badan Koordinasi Pemandu. Badan Koordinasi Pemandu atau yang lebih kita kenal dengan Bakor ini merupakan bagian dari Kementerian PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) pada tahun sebelumnya. Namun pada tahun ini telah memberanikan diri untuk menjadi BSO karena sudah waktunya untuk mengurusi rumah tangga LKMM (La han Keterampilan Manajemen Mahasiswa) dan kepemanduannya sendiri. Serta menambah eksistensi dari Bakor itu sendiri untuk memberikan kebermanfaatan bagi sistem LKMM dan kepemanduan. Sehingga hal itu juga yang membangun visi Bakor yaitu “Rumah Kepemanduan yang Berpondasi Kuat untuk Citra Baik KM ITS”. Dari visi yang dibangun itu, terdapat beberapa program kerja yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan oleh Bakor yaitu Perancangan Rapor Kepemanduan, Pembahasan Buku Sak , Dewan Bakor, Portal Informasi LKMM/Kepemanduan, Ekspansi LKMM ITS, dan Gathering Pemandu se-Surabaya.

Wilda Ningrum R Sekretaris Direktur

12 Vivat Magz

Salah satu konsekuensi Bakor menjadi BSO yaitu mempunyai struktur yang kuat. Pada struktur kepengurusan Bakor ini terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Asisten Sekretaris, General Foreman, Foreman Kepemanduan, Foreman LKMM, Foreman Crea ve, dan 9 orang staff. (ham/mia)

Tampang Berani

ITS UKIR PRESTASI LEWAT KONTAINER LIPAT

L

atama Rizky Ramadhan, seorang Mahasiswa Jurusan Transportasi Laut, berhasil mengharumkan almamater ITS di kancah Nasional. Ia berhasil menjuarai lomba peneli an transportasi nasional Adi Cipta Tata Wahana Nusantara Award 2015. Dengan mengusung makalah yang berjudul Op malisasi Biaya Logis k dalam Imbalance Cargo Market dengan Pe Kemas Lipat, ia berhasil menjadi juara satu lomba yang diadakan oleh Badan Peneli an dan Pengembangan Kementerian Perhubungan tersebut. Tama mengambil studi kasus pada rute angkut Surabaya-Ambon dimana terdapat selisih muatan kontainer yang mencapai 29 persen. “Misal ada 100 kontainer yang berangkat ke Ambon, nan ke ka kembali ke Surabaya hanya sisa 70 kontainer, hal itu menyebabkan ke dakefisienan dalam biaya akomodasi kontainer tersebut”, tuturnya.

Untuk itu Tama mempunyai gagasan u n t u k m e m b u a t ko n t a i n e r l i p a t u n t u k menghemat biaya akomodasi. Bila pe kemas empat sisi ini dilipat, maka ukurannya bisa m e n j a d i s at u ko nta i n e r. S e h i n g ga b i s a menghemat ruang di dalam kapal sebesar 25 persen. Selain itu, ini juga meningkatkan keselamatan karena k berat muatan kontainer yang lebih rendah. Inovasi ini juga mendapat perha an dari Menteri Perhubungan Indonesia, Ignasius Johan. Menurut Jonan, ia meminta Tama untuk mematenkan hasil peneli annya tersebut dalam HKI (Hak Kekayaan Intelektual) supaya hasil peneli an ini dapat segera diterapkan dan berguna bagi Indonesia. Untuk penerapannya di Indonesia, harus difokuskan pada efisiensi logis k dan dak harus mutlak mul moda, sehingga bisa menjamin efisiensi berjalan maksimal”, kata Tama mengakhiri. (mia/din) Tampang Berani

Vivat Magz

25


KOMINFO, Optimalkan Branding untuk Kenalkan BEM ITS

K

Irwansyah Muhammad Menteri Komunikasi dan Informasi

Intan Puspitasari Sekretaris Menteri

14 Vivat Magz

Tampang Berani

ementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) BEM ITS merupakan kementerian yang mempunyai peranan untuk memfasilitasi penyebaran informasi, baik ke dalam maupun ke luar lingkup Keluarga Mahasiswa (KM) ITS. Dalam kepengurusan BEM ITS sebelumnya, Kominfo memiliki ga kedirjenan yakni Media Pewacanaan, Mul media Krea f, serta Media Relasi. Dalam kepengurusan kali ini, Media Pewacanaan dipisah dari Kominfo dan menjadi Badan Semi Otonom Vivat Press. Kepengurusan baru tahun ini, Kominfo mempunyai gebrakan baru yakni Radio Online BEM ITS yang launching pada Maret 2016. Rencananya, Radio Online akan disiarkan se ap minggu, namun dak menutup kemungkinan bahwa siaran akan dilakukan secara kondisional, tergantung dengan isu yang sedang hangat diperbincangkan di KM ITS. Selain Radio Online, Kominfo juga mengembangkan ITS Mobile Apps (IMAPS) dan Portal KM ITS. Portal KM ITS berisi informasi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) di KM ITS, berita terbaru se ap Ormawa, serta publikasi acara yang akan diadakan oleh Ormawa. Proker lainnya adalah Vivat Media Award (VMA) yang dalam kepengurusan tahun ini VMA dilaksanakan se ap bulan. Irwansyah berharap, Kominfo dapat mengop malkan branding, karena seja nya Kominfo adalah ujung tombak untuk memperkenalkan BEM ITS ke KM ITS maupun ke masyarakat umum. “Bagaimana caranya kita mengop malkan branding kita ke KM ITS maupun ke masyarakat umum, agar mereka mengetahui bahwa BEM ITS itu ada,� ujarnya mengakhiri. (yon/din)

Kementerian DAGRI BEM ITS

D

engan menggunakan tagline KUDA BETINA ( Keluarga Dagri Bersama Berbak untuk Indonesia). Kementerian Dalam Negeri BEM ITS sebagai Kementerian yang berfokus pada bidang internal kampus, diharapkan Kementerian Dalam Negeri BEM ITS bisa menjadi ujung tombak dalam mengharmoniskan KM ITS. Selain itu, dengan adanya Road To Mubes V, KM ITS diharapkan bisa menjadi lebih dinamis dan menciptakan sebuah sinergitas untuk bergerak bersama Berani.

Yusuf Sultoni Menteri Dalam Dagri

Dagri BEM ITS selalu dituntut untuk menjaga keharmonisan KM ITS. Salah satu contohnya kebutuhan Mubes V yang sangat mendesak. Dikarenakan banyaknya perubahan perubahan yang terjadi sehingga Mubes IV sudah dak sesuai dengan kondisi kekinian KM ITS yang ditakutkan akan merusak sinergitas dari internal kampus dan KM ITS. Dengan didukung oleh berbagai macam program kerja yang lain seper Guyub, Sekolah KM ITS, Pengawalan Mubes, Kajian UndangUndang, Pengawalan Pemilu ITS, Raker Ormawa, FOLKS, Pengawalan Wisuda, Roadshow, Kalender KM ITS Berani. Bersama Melayani Indonesia. Kementerian yang berada di bawah Menteri koordinator Dinamika Kampus ini dipimpin langsung oleh Yusuf Sultoni, mahasiswa angkatan 2012 jurusan Material dan Metalurgi ITS, dengan didampingi sekretaris menteri Renda Idealita dan asisten sekretaris menteri Rosalina Eka P. Selain para pengurus harian tersebut, Dagri digerakkan oleh 17 staf dari berbagai jurusan di ITS. (sam/din)

Renda Idealita Sekretaris menteri

Tampang Berani

Vivat Magz

23


IECC, BSO yang Peduli Pendidikan KM ITS

B

Amir Wahyu Alkarim Direktur BSO IECC

Nur Afifah A Sekretaris Direktur

16 Vivat Magz

Tampang Berani

SO IECC adalah badan semi otonom bentukan BEM ITS yang bergerak pada permasalahan di bidang pendidikan serta menaungi gerakan ITS Mengajar dengan 4 peran utama sebagai Coordinator, Executor, Controller, dan Supporter. IECC mempunyai Visi sebagai Inspirator peduli pendidikan KM ITS untuk Kebermanfaatan Indonesia. Dan mempunyai bebrapa misi diantaranya 1. Penanaman karakter pendidikan, 2. Pencerdasan dan pencitraan posi f gerakan ITS mengajar, 3. Pendekatan social pendidikan terhadap masyarakat Indonesia, 4. Peningkatan realsi posi f dengan stakeholder pendidikan. BSO yang iden c dengan jaket ITS Mengajar ini, dipimpin oleh beberapa orang diantaranya Amir Wahyu Al Karim (Direktur), Bagus Perkasa (Wakil Direktur), Nur Afifah Amalia (Sekretaris Direktur), Untuk mewujudkan visinya dalam bidang pendidikan KM ITS, IECC memiliki beberapa program kerja (proker) besar diantaranya adalah Training for Educator (TFE), ITS Mengajar for Indonesia (IFI), Rumah Perjuangan (RP), ITS Mengajar Gathering (IMG). Dalam menjalankan peran fungsi nya, BSO ini selalu mengacu pada Tagline: ITS Mengajar: "Bersatu, Mengabdi, Membangun Negeri". Yang ke ka diteriakan akan menambah semangat siapapun yang mengatakannya. Penekanan pada kepengurusan tahun ini terletak pada "branding" ITS Mengajar. Inisiasi program baru, yaitu Rumah Perjuangan (RP) dan Program Kakak Asuh (PKA), Inisiasi website terintegrasi atas nama ITS Mengajar. (mit/mia)

Perkuat Relasi dengan Pihak Eksternal bersama Hublu BEM ITS Berani

K

ementerian Hubungan Luar atau lebih sering kita sebut hublu merupakan salah satu Kementerian di BEM (Badan Ekseku f Mahasiswa) ITS yang memiliki peran sebagai jembatan penghubung antara BEM ITS dengan media partner. Hublu dinaungi oleh Fakhruzi Asrial atau yang akrab disapa “Ozi” ini sebagai Menteri Hubungan Luar BEM ITS Berani. Hublu BEM ITS memiliki ga elemen pen ng yang disebut sebagai "Segi ga Hublu". Tiga elemen itu adalah Relasi, Kerjasama, dan Daya dukung. Kementerian ini memiliki dua kedirjenan yang dak berbeda dari tahun sebelumnya yaitu Hubungan Publik dan Kerja sama Antar Lembaga (HPKAL) serta Komunikasi Internasional dan Kerja sama ASEAN (KIKA).

Fakhruzi Asrial Menteri Hubungan Luar

Seper pada HPKAL, bentuk dari Re l a s i nya ya i t u m e l a ku ka n e ks p a n s i ke pemerintahan, alumni, serta universitas lain dan juga membuat MoU dengan stakeholder seper telkomsel, ci link, dll. Kementerian ini juga mempromosikan ITS melalui salah satu program kerja (proker) terbesarnya yaitu Ini Lho ITS (ILITS). Sedangkan daya dukung terhadap Badan Ekseku f Mahasiswa Fakultas dan Himpunan Mahasiswa Jurusan, kementerian ini melakukan Public Rela onship Training (PRT) dimana acara ini merupakan big event lainnya dari kementerian hublu.

Noni Nabila Sekretaris menteri

Selain itu, Kedirjenan KIKA juga mengusung ke ga elemen “Segi ga Hublu” tersebut. Bentuk Relasinya adalah menjalin hubungan dengan Asean Student Networking (ASN), Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), dan sekretariat ASEAN.

Tampang Berani

Vivat Magz

21


SOSMAS-Nya BERANI

K

Gatot Subroto Menteri Sosial dan Masyarakat

ementerian Sosial Masyarakat yang akrab dengan sapaan Kementerian Sosmas BEM ITS Berani, berperan dalam memanajemen massa yang mengkoordinasikan dan menyinergikan bidang sosial masyarakat di organisasi mahasiswa ITS, untuk menanggapi dan mengawal kebijakan publik dengan pengimplementasian ilmu pengetahuan dan teknologi. Kementerian ini dinaungi oleh beberapa orang di antaranya adalah Gatot Subroto yang biasa dipanggil “gatsu” (Menteri Sosmas), dan Azmi Afifah Zahra (Sekretaris Kementerian) serta beberapa Wakil menteri, Dirjen, dan staff. Kementerian ini mempunyai visi yaitu “Sebagai episentrum gerakan sosial yang terintegrasi dalam mengawal kebijakan publik demi kebermanfaatan almamater, bangsa dan negara”. Serta juga mempunyai Tagline sebagai berikut:“Ksatria Sosmas, Sangar!” (#Sangar). Ada beberapa program yang akan dijalankan oleh Kementerian Sosial Masyarakat diantaranya adalah Surabaya Green Ac on, SOSMAS School, Social Development dan Gerakan Saling Memahami. Dengan semua proker yang telah ditentukan tersebut diharapkan mampu menunjang visi misi yang diangkat oleh Kementerian Sosial Masyarakat BEM ITS Berani.

Azmi Afifah Sekretaris Menteri

Kementerian Sosial Masyarakat BEM ITS dibawah kepengurusan Gatot Subroto ingin menekankan beberapa hal, yaitu meningkatkan kualitas dan kebermanfaatan program kerja untuk masyarakat, dan memperkuat kepen ngan Sosmas BEM ITS di ranah sosial poli k. Untuk mencapai tujuan ini, Kementerian Sosial Masyarakat pun dibagi kedalam 3 ( ga) Kedirjenan tersebut, yaitu Dirjen Pengabdian Masyarakat, Dirjen Lingkungan Hidup, dan Dirjen Ruang Publik agar dapat totalitas dalam menjalankan masingmasing ranahnya. (gba/mia) 18 Vivat Magz

Tampang Berani

PERKOM, Semangat Cari Duit!

K

ementerian Perekonomian (Perkom) BEM ITS dibentuk atas dasar kebutuhan KM (Keluarga Mahasiswa) ITS terhadap pengembangan iklim kewirausahaan, manajemen seluruh stakeholder perekonomian KM ITS, membangun dan mengelola bisnis strateigs BEM ITS, dan tuntutan untuk peka terhadap permasalahan ekonomi bangsa dan sekitar. Perkom mempunyai visi yaitu “Menjadi insan pemberani penggerak perekonomian KM ITS dalam rangka melayani Indonesia”. Dan untuk menjalankan visi utamanya tersebut, Perkom melakukan langgkah- langkah strategis yang termuat dalam misi nya antara lain : Meningkatkan kualitas serta produk vitas usaha mandiri dalam rangka menghasilkan pendapatan yang op mal terhadap keuangan BEM ITS, Menyinergikan hubungan seluruh elemen terkait dalam mewujudkan langkah strategis di bidang perekonomian KM ITS, dan yang terakhir Membangun sikap kri s terhadap isu-isu perekonomian melalui diskusi yang terpadu. Kementerian ini digawangi oleh Muhammad Galih Eldyawan atau akrab dipanggil galih sebagai Memteri nya, di posisi Wakil Menteri ada Fananada Herda Pradana, Rizka Amalia Putri (Sekretaris Kementerian). Perkom mempunyai beberapa program kerja (proker) besar diantara nya : yang kita kenal dengan Pasar Malam Minggu ITS (PAMMITS) yang diselenggarakan se ap 1 bulan sekali serta proker besar yang kedua adalah Pengadaan Buku Agenda Mahasiswa ITS. Dengan mengusung Tagline Cari Duit, Just Do It !, Perkom berusaha untuk membangun iklim bisnis yang baik di KM ITS dan mencari keuntungan yang semaksimal mungkin.P ada kepengurusan kali ini Kementerian Perekonomian Berani lebih mengarah kepada perbaikan sistem stake holder perekonomian KM ITS dan SDM (Sumber daya Manusia) di dalamnya agar dak salah dalam melangkah kedepannya. (mit/mia)

Galih Eldyawan Menteri Perekonomian

Rizka Amalia Sekretaris menteri

Tampang Berani

Vivat Magz

19


Kementerian Kebijakan Publik BEM ITS, sebagai Suppor ing System Kajian Strategis di KM ITS

B

Oxi Putra Merdeka Menteri Kebijakan Publik

adan Ekseku f Mahasiswa (BEM) ITS m e r u p a ka n O rga n i s a s i M a h a s i s w a (Ormawa) ter nggi di Keluarga Mahasiswa (KM) ITS, di mana ranah dari BEM ITS adalah SosialPo l i k . U n t u k m e n u n j a n g h a l t e rs e b u t , Kementerian Kebijakan Publik BEM ITS hadir dengan tugas khusus dalam ranah Sosial-Poli k, yakni menjadi koordinir gerakan mahasiswa serta sebagai pengawas pemerintah ekstra parlementer. Oleh karena itu, Kementerian Kebijakan Publik memberikan beberapa fasilitas kepada Keluarga Mahasiswa (KM) ITS berupa berbagai macam kajian, pernyataan sikap, serta aksi massa. Kepengurusan periode ini, kementerian yang dinaungi oleh Oxi Putra Merdeka, hadir dengan direktorat baru yaitu Direktorat Jenderal Inkubator Kajian. Oxi menjelaskan bahwa Kementerian Kebijakan Publik saat ini tengah berusaha untuk menjawab tantangan baru dalam menjadi suppor ng system bagi kajian strategis yang mulai muncul di berbagai jurusan. Hal ini didasarkan dari kesadaran penuh bahwa dibutuhkan kehadiran BEM ITS dalam menginisiasi Kajian Strategis (Kastrat) di jurusan maupun di BEM Fakultas. “Sehingga kedepannya, ke ga elemen yaitu BEM ITS, BEM Fakultas, serta Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dapat saling mendukung dalam membuat kajian yang lebih b e r ko m p e t e n d a n d a p a t d i p e r t a n g g u n g jawabkan,” jelas Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ITS 2012 tersebut. (mmt/yon)

Tri Endah Adhasari Sekretaris Menteri

PSDM BEM ITS Siap Branding Kaderisasi ITS

K

ementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa atau biasa disebut PSDM yang dipimpin oleh Yanuar Rizki Agusta mempunyai Visi yaitu PSDM KM ITS progresif menjawab perkembangan zaman, serta memiliki beberapa misi diantaranya sebagai berikut : 1. Perbaikan system PSDM KM ITS, 2. S mulus inovasi metode pengembangan mahasiswa, 3. Perbaikan mindset stake holder terhadap PSDM, 4. Mengawal nilai integralis k, internasionalisasi dan kebangsaan.

Yanuar R Agusta Menteri Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa

Mengusung tagline “My PSDM My Adventure”, PSDM BEM ITS pada kepengurusan kali ini menetapkan fokusannya pada pengembangan mahasiswa di bidang manajerial dan kaderisasi. Terbagi menjadi 3 Kedirjenan yaitu Dirjen Kaderisasi, yang diharapkan dapat membantu memperjelas regulasi kaderisasi; Dirjen Pela han, yang bertugas mengawal nilai manajerial mahasiswa yang nan nya mengisi pospos strategis di HMJ; yang terakhir adalah Dirjen Pemetaan, yang bertugas mens mulus HMJ untuk memetakan kader-kadernya dengan tepat. Kementerian PSDM BEM ITS 15/16 melakukan pembaharuan untuk Gerigi ITS, yang merupakan event kaderisasi dalam skala ITS. Gerigi ITS yang biasanya di mulai pada awal tahun ajaran baru ini di kembangkan dengan adanya preevent yaitu Road To Gerigi. Road To Gerigi sendiri memiliki beberapa sub-acara yaitu recruitment pani a, roadshow, serba-serbi, sayembara dan count down Gerigi. PSDM BEM ITS juga mengadakan Sepuluh Nopember Youth Camp, yang merupakan pela han manajerial diri ngkat lanjut. Kementrian ini juga mencanangkan Training Management Mapping Consultant untuk membantu pemetaan kader di HMJ-HMJ.

Ahmada Dian A Sekretaris menteri

Walaupun kepengurusan ini berlangsung di waktu yang singkat, Kementrian PSDM BEM ITS 15/16 berkeinginan untuk tetap menjaga kualitas kinerjanya. (adz/mia) 20 Vivat Magz

Tampang Berani

Tampang Berani

Vivat Magz

17


Berani Berkarya dengan Ristek

K

Hoppy Adi Putra Menteri Riset dan Teknologi

ementerian Riset dan Tekonologi (Ristek) merupakan Kementerian di BEM ITS Berani yang berperan sebagai koordinator karya KM (Keluarga Mahasiswa) ITS. Dimana hal ini sesuai dengan visi yang mereka bangun yaitu s e b a ga i j e m b ata n e ks p a n s i ka r ya u nt u k kebermanfaatan bagi almamater dan bangsa. Ekspansi karya disini dimaksudkan sebagai suatu gerakan ekspansi berbasis teknologi. Pergerakan e ks p a n s i te rs e b u t m e n j a d i b u k b a hwa Kementerian Ristek ini bukan hanya menggiring tetapi juga memperbaiki, meningkatkan, dan mengaplikasikan karya tersebut. Ristek mempunyai beberapa proker dan big event. Salah satu big event dari Kementerian Ristek ini yaitu Talkshow. Oleh karena itu, Kemenetrian Ristek ini yang dinaungi oleh beberapa orang hebat diantara nya Hoppy Adi Putra (Menteri Ristek) dan Roikhanatun Nafi'ah (Sekretaris Kementerian RisteK). Ristek juga memiliki dua kedirjenan dan satu unit. Pertama Dirjen riset dan keilmiahan kampus, kedua dirjen aplikasi dan pengembangan teknologi, serta satu unit Klub Keilmiahan ITS. Adapun program kerja (proker) dan agenda yg ada yaitu Training for trainer, talkshow mawapres, controlling keilmiahan HMJ, Talkshow dan kajian aptek di indonesia, inkubator teknologi, pela han paten dan teknologi untuk negeri. Sedangkan untuk Klub Keilmiahan (KK) yakni pengembangan anggota klub keilmiahan dan pengawalan pkm di ITS. (iid/mia)

Roikhanatun Nafi’ah Sekretaris Menteri

22 Vivat Magz

Tampang Berani

Kesma BEM ITS, Bersama Melayani dan Bersama Menyejahterakan KM ITS

K

ementerian Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma) Badan Ekseku f Mahasiswa (BEM) ITS pada kepengurusan periode ini mengusung visi sebagai poros pergerakan bidang kesejahteraan mahasiswa ITS. Walau kegiatan yang dilakukan dak seintensif Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Kesma BEM ITS tetap berupaya untuk memerha kan kesejahteraan mahasiswa ITS, dengan fokusan sebagai koordinator dan pusat informasi. Kes ma BE M ITS terd iri d ari ga Ked ir j en a n , ya it u Ked ir j en a n A ka d em ik , Kedirjenan Kesehatan, serta Kedirjenan Pelayanan dan Pasca Kampus. Kedirjenan Akademik merupakan kedirjenan yang berperan ak f dalam kegiatan akademik mahasiswa. Beberapa agenda kedirjenan ini di antaranya adalah Kalender Akademik, Ac on (Academic Informa on), Kestor (Kesma Tutorial) dan Kesma Talk. Kedirjenan Kesehatan, yang merupakan kedirjenan baru di Kementrian Kesma memiliki fokusan dalam kampanye kesehatan bagi mahasiswa ITS. Health Campaign, Health To Be Habit dan ITS Fresh, adalah contoh fasilitas yang diberikan oleh Kesma BEM ITS untuk meningkatkan kepedulian akan pen ngnya menjaga kesehatan. Kedirjenan yang terakhir yaitu Kedirjenan Pelayanan dan Pasca Kampus, adalah kedirjenan yang bertugas untuk memberikan informasi seputar beasiswa. Kedirjenan ini juga menangani berbagai macam masalah mahasiswa dengan advokasi serta banding Uang Kuliah Tunggal (UKT). Posko SPPUKT, Kesma Expo, ITS UP, adalah beberapa proker dan agenda yang dicanangkan oleh Kesma BE ITS untuk melayani mahasiswa ITS. “Karena seja nya sebuah kesejahteraan akan terwujud apabila semua elemen juga berupaya untuk memenuhinya. Mahasiswa ITS juga harus bisa meluangkan waktu untuk menyayangi diri sendiri dengan menjaga kesehatan, karena kesehatan adalah harta yang paling mahal,” ujarnya. (adz/yon)

Muhammad Fadhil Menteri Kesejahteraan Mahasiswa

Desi Ayu P Sekretaris menteri

Tampang Berani

Vivat Magz

15


Galau Kebijakan dalam Kampus ? Jakpus Solusinya!

K

ITS SEBAGAI KOORDINATOR MARITIM Munas BEM SI (Badan Ekseku f Mahasiswa Seluruh Indonesia) ke–IX yang dilangsungkan di Universitas Tidar- Akademi Militer Magelang. Dilaksanakan pada tanggal 18 – 22 januari 2016 ini dihadiri oleh perwakilan 57 Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia, tak terkecuali ITS. Dilangsungkan selama 5 hari dengan mengangkat tema “Konsistensi Pergerakan Mahasiswa Demi Terwujudnya Indonesia Sejahtera”. Ditunjuknya ITS sebagai koor Mari m dalam Munas BEM SI ini dengan per mbangan Isu Mari m tetep merupakan isu yang mayor dan berskala nasional dan perlu pengawalan. Dipilih koordinator karena disini konsentrasi pergerakan 24 Vivat Magz

Tampang Berani

mari m sebagian besar di mur dan tentunya ja diri kita sebagai kampus mari m juga. “ H a ra p a n s aya h a s i l m u n a s i n i menjadikan fondasi dasar awal untuk memulai gerakan mahasiswa seluruh indonesia. Seluruh kampus punya peran dan harapannya peran itu bisa dimaksimalkan.” Ujar Novangga berharap. Selanjutnya ia berkata “Peran besar tentunya kita akan garap sesuai dengan peran kita yaitu koordinator isu mari m. Dan juga sebagai suppor ng system di Bidang Energi tentunya. Nan nya dalam waktu deket kementrian kebijakan publik bakal membuat langkah strategis dan tak s untuk menghadapi isu tersebut.”(sam/din)

ementerian Kebijakan Kampus (Jakpus) Badan Ekseku f Mahasiswa (BEM) ITS merupakan kementerian yang menjadi penjembatan antara Birokrasi ITS dan Keluarga Mahasiswa (KM) ITS tentang pengawalan terhadap kebijakan yang akan dan telah dikeluarkan oleh Birokrasi ITS. Kementerian ini mempunyai beberapa ranah kerja, yaitu pertama melakukan pengawalan terhadap isu-isu serta kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh birokrasi. Kedua, melakukan advokasi terkait aspirasi KM ITS terhadap kebijakan-kebijakan kampus di ITS. Ke ga, menjalin silaturahmi yang berkelanjutan dengan stakeholder kampus, serta yang kelima adalah melakukan pencerdasan kepada KM ITS mengenai isu dan kebijakan yang ada di ITS. Rizky Akbar Fauzi, selaku Menteri Jakpus BEM ITS menjelaskan bahwa Kementerian Jakpus mempunyai dua fokusan isu, yaitu kebijakan kampus mengenai komersialisasi pendidikan dan kebijakan kampus mengenai kehidupan kampus yang layak di njau dari fasilitas, keamanan, serta ke u a n ga n . Ke p e n g u r u s a n p e r i o d e i n i , Kementerian Jakpus mempunyai satu program kerja, yakni Curhat Bareng Birokrasi ITS (CUBITS). Jika kepengurusan sebelumnya Kementerian Jakpus membawa isu-isu mengenai sepeda kampus dan ITS PTN-BH, namun pada kepengurusan periode ini Kementerian Jakpus mencoba mencari problema ka mengenai kebijakan kampus ITS sampai ke grassroot “Sehingga KM ITS bisa mencurahkan kegalauan tentang kebijakan kampus ITS, serta dak lupa juga Kementerian Jakpus pada kepengurusan periode ini turut mengawal pelaksanaan ITS PTN-BH,” ujarnya mengakhiri. (mmt/yon)

Rizky Akbar Menteri Kebijakan Kampus

Ratri Berliana Sekretaris menteri

Tampang Berani

Vivat Magz

13


PRESTASI

Pemuda dan Kebangsaan : Jadi Corong Baru Pergerakan KM ITS

K

VAMPIRE POWER ELIMINATOR (VPE) PENGINGAT HEMAT LISTRIK KARYA MAHASISWA ITS “Lebih mudah mematikan seratus buah lampu daripada memikirkan menyalakan lampu seratus buah” demikian slogan tim pembuat alat penghemat listrik yang beranggotakan Vincentius Raki Mahindhara, Rendi Bagus Pratama, dan Andry Gaffar Abdillah, mahsiswa Jurusan Teknik Elektro ITS.

S

iapa sangka sebuah peralatan elektronik masih memakan daya sebesar 12 persen ke ka masih standby. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan lahirnya pengingat hemat listrik, Vampire Power Eliminator (VPE).

2015 kemarin, alat ini sudah mempunyai dua versi. Versi pertama ukurannya agak besar dan alatnya cenderung rapi tetapi masih belum bisa terhubung ke smartphone, sedangkan versi yang kedua ukuran alatnya lebih kecil dan dapat terhubung ke smartphone.

Dalam perjalanannya, karya tersebut sudah ga kali mendapatkan juara dalam lomba dalam lingkup ITS maupun skala nasional. Karya tersebut mendapatkan juara 3 pada lomba yang diadakan Jurusan Teknik Lingkungan ITS, juara 1 di Universitas Negeri Padang, dan juara 2 di Universitas Telkom bandung dalam ajang Blue Technology. Sejak dirin s pada bulan April-Mei (mmt/din)

“Alat ini sebenarnya sederhana dan simple, yaitu suatu alat yang mengajak masyarakat untuk hemat listrik” tukas Vincen us Raki Mahindhara, salah satu anggota m. Alat ini berfungsi untuk meminimalisir daya listrik yang terserap oleh alat –alat elektronik yang masih standby.

26 Vivat Magz

Tampang Berani

ementerian Pemuda dan Kebangsaan (Pedang) merupakan salah satu kementrian baru dalam cabinet BEM ITS Berani kali ini. Kementrian yang dulunya bernama kaderisasi kebangsaan ini mencoba menjadi corong pergerakan KM ITS.Kementrian ini lebih berfokus ke arah insan Cendekiawan Indonesia. Insan dimaknai lebih dari sekedar manusia, insan lebih memberikan manfaat bagi lingkungannya. Pada masa kepengurusan kali ini kementrian Pedang dinahkodai oleh Irfan Syuhudi sebagai Menteri Pemuda dan Kebangsaan serta Adzalia Sebagai sekretaris menteri. Kementrian Pemuda dan Kebangsaan hadir dengan membawa misi membentuk Sebagai Penggerak kesadaran insan KM ITS dalam membentuk Cendekiawan Indonesia. Kementrian Pemuda dan Kebangsaan dibagi menjadi dua kedirjenan yaitu Kaderisasi Kebangsaan dan Poli k Kebangsaan. Dalam kedirjenan Kaderisasi Kebangsaan, Kementrian Pedang telah mengagendakan beberapa Program Kerja diantaranya GDK Sosial Poli k, Diskusi Lintas Gerakan dan Forum Pengawas Kaderisasi Sosial Poli k (FPK Sospol). Sedangkan untuk kedirjenan Poli k Kebangsaan terdapat program Kerja Sekolah Cendekiawan Muda serta Suara Patriot Muda. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan bisa menjadi perwujudan dari misi Kementrian Pedang yaitu KM ITS Berintelektual dan KM ITS Teknokrat.(ham)

Irfan Syuhuhdi Menteri Pemuda dan Kebangsaan

Azalia Sekretaris menteri

Tampang Berani

Vivat Magz

11


G A L E R I

1 Photography can only represent the present. Once photographed, the subject becomes part of the past Berenice Abbott

2

LEGENDA GAMBAR

3

1. HARI BEBAS PLASTIK 2. KEGIATAN DI TAMAN APSARI 3. RADIO BEM ITS

28 Vivat Magz

Tampang Berani

2

Vivat Magz

Tampang Berani


BEM ITS : KOORDINATOR BEM SI

30

Vivat Magz

Tampang Berani

Selama duduk di bangku SMA, ia tergolong sebagai siswa presta f, baik dalam bidang akademik maupun nonakademik, seper lomba debat kenegaraan. Novangga pun mulai ak f didalam organisasi dengan menjadi anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Selain itu, ia juga menjadi ketua Regu Macan Marching Band SMA Taruna Nusantara yang sering diundang oleh Pemkab Kabupaten Magelang dalam mengiku kompe si di ngkat propinsi. Pencalonan Novangga sebagai Presiden BEM ITS adalah berkat dorongan dari temanteman dan keluarga, tentunya serta dari kesadaran diri, bahwa ke ka ada masalah namun ia dak berusaha untuk membenahi masalah tersebut, maka ia akan berdosa. Menurut pria yang hobi membaca ini, ada dua permasalahan yang harus dibenahi oleh KM ITS, yakni tepat waktu dan ke-percayaan diri. “Kalau menurut saya,

sebenarnya KM ITS memp u nya i ke i n g i n a n n a m u n terkadang kurang terfasilitasi, seper pen ngnya akademik, pen ngnya pola hidup sehat, pen ngnya kajian, dan sebagainya. Jadi, di sini BEM ITS harapannya dapat meningkatkan kesadaran KM ITS,” imbuhnya. Pemilihan Presiden BEM ITS beberapa bulan yang lalu, Novang ga gencar dengan tagline “BERANI: Bersama Melayani Indonesia”. Dari situlah, ia menyusun visi-misi untuk menyongsong Indonesia lebih baik. Ia mengungkapkan bahwa berani adalah hal yang mendasar. Dengan analogi, jika seseorang mengetahui bahwa di sekitarnya ada masalah namun ia dak berani menyelesaikan, maka dia bukanlah seorang pemberani seja . Novangga kemudian berprinsip bahwa sebenarnya yang menggerakkan kesadaran adalah keberanian. Sebagai seorang Presiden BEM ITS, tentunya Novangga banyak

mengalami perubahan dalam ke s e h a r i a n nya . I a m e n c e r i ta ka n , s e j a k m e n j a d i Presiden BEM ITS, ia lebih mengalami perubahan ke arah penempatan diri. Selain itu, ia juga menceritakan bahwa ia mempunyai buku khusus yang digunakan untuk menuliskan kegiatan apa yang akan ia kerjakan. Kegiatan tersebut dituliskannya runtut sesuai dengan prioritas. Setelah selesai mengemban amanah sebagai Presiden BEM ITS nan , Novangga berencana untuk bekerja sambil mencari beasiswa S2. Selain itu, ia juga menuturkan bahwa ia ingin merealisasikan mimpinya sejak masih duduk di bangku SMP, yakni mendirikan yayasan khusus bagi anak-anak jalanan. Di akhir, Novangga berpesan ke p a d a K M I T S , “J a d i l a h s e o ra n g p e m b e ra n i ya n g seutuhnya, pemberani dalam ha , pikiran, dan ndakan. Itulah yang nan akan membuat KM ITS lebih baik,” ujarnya. (yon/din)

Tampang Berani

Vivat Magz

7


PERJALANAN

OPINI

BESAR MUBES V Forum Kajian Hasil Mubes yang nantinya akan mengawali perintisan MUBES V

KEMENTERIAN KEBIJAKAN KAMPUS BEM ITS

K

ementerian Kebijakan Kampus BEM

MEMAKNAI “BERANI” Berani itu berarti memiliki hati yang mantap untuk berada di satu pihak yang dianggap paling benar, dalam melihat sebuah persoalan yang berdampak bagi kehidupan banyak orang, apalagi yang kaitannya dengan pembuatan kebijakan oleh lembaga tertinggi di level masing –masing.

ITS Berani untuk menjadi responsif

terhadap isu –isu tentang kebijakan

kampus yang berkaitan dengan komersialisasi pendidikan dan penerapan kehidupan kampus yang layak. Kementerian Kebijakan Kampus BEM ITS Berani untuk menentukan sikap berada di pihak mana dalam memperjuangkan kepen ngan mahasiswa. Kementerian Kebijakan Kampus BEM ITS Berani untuk

kesalahan, karena mendiamkan sebuah kes a la h a n a d a la h s eb u a h kej a h ata n . (mmt/din)

32

Vivat Magz

Tampang Berani

dak mendiamkan sebuah


AKAN

DIAMBIL

ALIH OLEH

MUBES V SIAP-SIAP SAJA

hai mu b es

V

Bagaimana Proses Perubahan dari setiap ormawa yang sedang masa kerja selama tiga bulan mulai menjadi MUBES V? dari bulan maret hingga bulan mei. Berdasarkan hasil MTT III, TAP Tugas dan wewenang FKHM MTT III No. 2, berisi pembuatan MUBES V maksimal pada 26 April sudah diputuskan dalam UU 2017, yakni tepat 2 tahun setalah FKHM. Tugas dan wewenangnya diadakan MTT III pada 26 April antara lain, melakukan jaring 2015. DPM ITS beserta BEM ITS aspirasi, mengaji setiap AD/ART yang telah mengaji RUU FKHM yang ada di KM ITS, dan juga a k h i r n y a m e - n g e s a h k a n n y a mengaji bersama MUBES IV. menjadi UU FKHM. FKHM (Forum Langkah selanjutnya dilakukan Kajian Hasil MUBES) yang akan m e n g e v a l u a s i d a n m e n g a j i penyusunan. Dibentuklah tim Adkesesuaian MUBES IV dengan Hoc yang bertugas menyusun hasil kondisi sekarang. Forum ini yang didapat dari FKHM. Setelah independen dan bersifat se- disusun dan disahkan maka mentara yang bertanggung jawab MUBES V telah resmi mengkepada KM ITS melalui Presiden gantikan MUBES IV. BEM ITS, beranggotakan delegasi

34 Vivat Magz

Tampang Berani

Tampang Berani

Vivat Magz

3


konten

MUBES V

2

PROFIL

6

KEMENTRIAN

10

VIVAT TV

31

Bhay Mubes IV

Presiden BEM ITS 15-16 langsung aja telusur infonya, buka halamannya haya bacanya, kuy!

PRESTASI

ITS Kembali rebut gelar juara

Semua proďŹ l ementrian tersedia Coming Soon

16

BOOK REVIEW

35

SAFAAT JAKPUS Curhatannya KM ITS

33

Hujan

Tampang Berani

Vivat Magz

1


Majalah Vivat BEM ITS edisi #9 BERANI KENAL DIRI  

Majalah edisi perkenalan BEM ITS KABINET BERANI. Terdapat nama-nama kabinet beserta proker singkatnya. Silahkan disruput gan..

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you