Page 1

Forensik Komputer Siti Aisyah 4711010011


Tujuan Forensik Komputer 1.

Mendapatkan fakta-fakta obyektif dari sebuah insiden / pelanggaran keamanan sistem informasi. Istilah artefak dijital bisa mencakup sebuah sistem komputer, media penyimpanan (seperti flash disk, hard disk, atau CDROM), sebuah dokumen elektronik (misalnya sebuah pesan email atau gambar JPEG), atau bahkan sederetan paket yang berpindah dalam jaringan komputer.Â

3.

Mengamankan dan menganalisa bukti digital. Dari data yang diperoleh melalui survey oleh FBI dan The Computer Security Institute, pada tahun 1999 mengatakan bahwa 51% responden mengakui bahwa mereka telah menderita kerugian terutama dalam bidang finansial akibat kejahatan komputer. 


Tahapan pada Komputer Forensik Ada empat fase dalam komputer forensik, antara lain : a)      Pengumpulan data  Pengumpulan data bertujuan untuk meng-i-den-tifikasi berbagai sumber daya yang dianggap penting dan bagaimana semua data dapat terhimpun dengan- baik. b)     Pengujian  Pengujian mencakup proses penilaian dan meng-ekstrak berbagai informasi yang relevan dari semua data yang dikumpulkan. Tahap ini juga mencakup bypassing proses atau meminimalisasi berbagai feature- sistem operasi dan aplikasi yang dapat menghilangkan data, seperti kompresi, enkripsi, dan akses mekanisme kontrol. Cakupan lainnya adalah meng-alokasi file, mengekstrak file, pemeriksanan meta data, dan lain sebagainya.


Tahapan pada Komputer Forensik c)      Analisis Analisis dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan sejumlah metode. Untuk memberikan kesimpulan yang berkualitasharus didasarkan pada ketersediaan sejumlah data atau bahkan sebaliknya, dengan menyimpulkan bahwa “tidak ada kesimpulan”. Hal tersebut sa-ngat dimungkinan-kan. Tugas analisis ini mencakupberbagai kegia-tan, seperti identifikasi user atau orang di luar pengguna yang terlibat secara tidak langsung, lokasi, perangkat, kejadiaan, dan mempertimbangkan bagaimana semua komponen tersebut saling terhubung hingga mendapat kesimpulan akhir. d)     Dokumentasi dan laporan Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil- dokumentasi dan laporan, seperti:


Tahapan pada Komputer Forensik 

Alternative Explanations (Penjelasan Alternatif)

Berbagai penjelasan yang akurat seharusnya dapat menjadi sebuah pertimbangan untuk diteruskan dalam proses reporting. Seorang analis seharusnya mampu menggunakan sebuah pendekatan berupa metode yang menyetujui atau menolak setiap penjelasan sebuah perkara yang diajukan. 

Audience Consideration (Pertimbangan Penilik)

Menghadirkan data atau informasi keseluruh audience sangat berguna. Kasus yang melibatkan sejumlah aturan sangat membutuhkan laporan secara spesifik berkenaan dengan informasi yang dikumpulkan. Selain itu, dibutuhkan- pula copy dari setiap fakta (evidentiary data) yang diperoleh. Hal ini dapat menjadi sebuah pertimbangan yang sangat ber-alasan. Contohnya, jika seorang Administrator Sistem sebuah jaringan sangat memungkinkan untuk mendapatkan dan melihatlebih dalam sebuah network traffic dengan informasi yang lebih detail. 

Actionable Information

Proses dokumentasi dan laporan mencakup pula tentang identifikasi actionable information yang didapat dari kumpulan- sejumlah data terdahulu. Dengan- bantuan data-data tersebut, Anda juga bisa mendapatkan dan mengambil berbagai informasi terbaru.


Analisis Foto


Analisis Foto Aira Menurut saya, foto Aira merupakan hasil editan karena terlihat image Aira hasil crop dan terlihat tidak sesuai dengan ukuran gambar latarnya. Image Aira juga terlihat lebih besar dan menimpa gambar sebelumnya.

Forensik komputer  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you