Page 1

Chapter 6 : anti forensiCs

siti aisyah 4711010011


Definisi dan Tujuan Antiforensik John Barbara mendefinisikan ini cara – cara pendekatan untuk memanipulasi, menghapus, atau mengaburkan data digital atau untuk membuat sulit, memakan waktu, atau hampir mustahil (Barbara , 2008) . Tujuan utama dari beberapa anti– forensic, perangkat lunak, dan fokus Anti - Forensics.com, adalah untuk membuat analisis dan pemeriksaan bukti digital sulit, membingungkan , dan memakan waktu sebanyak mungkin "


Teknik Antiforensik ďƒ˜ MENYEMBUNYIKAN DATA Menyembunyikan teknik berkisar dari yang sederhana sampai yang sangat kompleks. mengubah nama file dan ekstensi, mengubur file jauh di dalam direktori yang tampaknya tidak berhubungan,menyembunyikan file dalam file, dan enkripsi adalah beberapa teknik persembunyian yang paling umum Apa itu Enkripsi? Enkripsi adalah konversi data ke dalam bentuk yang disebut ciphertext, yang tidak bisa mudah dipahami oleh orang yang tidak berhak (Bauchie, Hazen, Lund, Oakley, & Rundatz, 2000). Enkripsi dimulai dengan teks biasa. Plain text adalah asli, terenkripsi pesan. Pesan teks biasa di jelas dan dapat dibaca olehsiapa pun.


Teknik Antiforensik Algoritma adalah metode yang digunakan untuk mengenkripsi pesan. Kuncinya adalah data yang digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi informasi. Sebuah password atau passphrase umum digunakan sebagai kunci. Enkripsi simetris menggunakan kunci yang sama untuk mengenkripsi danmendekripsi data. Sebaliknya, enkripsi asimetris menggunakan dua terpisah dan kunci yang berbeda . • ENCRYPTING FILE SYSTEM ( EFS ) Encrypting File System ( EFS ) digunakan untuk mengenkripsi file dan folder . EFS menggunakan username Windows dan password sebagai bagian dari algoritma enkripsi .


Teknik Antiforensik • BitLocker Tidak seperti EFS, BitLocker dapat digunakan untuk mengenkripsi seluruh hard drive, sedangkan BitLocker To Go digunakan untuk mengenkripsi removable media seperti USB drive ( Microsoft Corporation) . • APPLE FileVault Versi terbaru Apple OS X Lion , dilengkapi dengan FileVault 2 . FileVault2 menggunakan 128 bit , enkripsi AES . Dengan FileVault 2 Anda dapat mengenkripsi isi dari Seluruh drive Anda. Apple memberikan pelanggan kesempatan untuk menyimpan kunci pemulihan mereka dengan mereka.


Teknik Antiforensik • TrueCrypt TrueCrypt adalah , perangkat lunak open source gratis yang menyediakan on-the - fly – enkripsi fungsionalitas . Dalam enkripsi on-the - fly , data secara otomatis dienkripsi dan didekripsi karena mereka disimpan dan dibuka . Semua ini dilakukan di belakang adegan tanpa melibatkan pemakai . TrueCrypt juga mampu memberikan enkripsi disk . Ini termasuk nama file , nama folder , serta isi dari setiap file . Hal ini juga termasuk file-file yang dapat berisi data sensitif yang sistem menciptakan sendiri . • Melanggar Password Melanggar password , atau kriptanalisis , bisa menakutkan atau hampir mustahil. Menurut Microsoft, yang kuat sandi menggunakan berbagai huruf, angka, tanda baca, dan simbol, dan memiliki panjang minimal empat belas karakter (Microsoft Corporation ) .


Teknik Antiforensik ďƒ˜ STEGANOGRAFI Steganografi, atau stego untuk jangka pendek, adalah cara lain dan sangat efektif untuk menyembunyikan data. Kata steganografi berasal dari kata Yunani "Stegos" yang berarti tertutup dan "Graphie" yang berarti menulis. Akar eksaknya menyamakan penulisan tertutup. SearchSecurity.com mendefinisikan steganografi sebagai "penyembunyian pesan rahasia dalam pesan biasa dan ekstraksi itu di tempat tujuan “(TechTarget, 2000). DATA DESTRUCTION Kadang-kadang menyembunyikan data tidak cukup , dan pelaku mencoba untuk menghancurkan data sebagai gantinya. Defragmenting

atau memformat drive sering dicoba ,tetapi sering memberikan hasil yang terbatas .


Teknik Antiforensik  DRIVE WIPPING Mendorong utilitas menyeka digunakan untuk menimpa data pada hard drive sedemikian rupa untuk membuat mereka tidak terpulihkan . Contoh alat ini meliputi " Boot Darik dan Nuke”, “ DiskWipe”," CBL Data Shredder”," Webroot Window Washer”, dan " Bukti Eliminator”. Menggunakan alat ini ada jaminan bahwa data tidak dapat dipulihkan . Keberhasilan sebagian besar bergantung pada kualitas alat dan keterampilan pengguna .


sekian Dan terima kasih


Chapter 6 book 2  
Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you