Page 1

Mulai dari Pikiran Berbuah Tindakan Lahir (lagi) sebuah Gerakan Motivasi dan Inspirasi dalam Ruang bergelar Pusat Pembelajaran Nashiha bila Majelis Nashiha terlalu Wah bila Lingkar Nashiha masih mimpi Maka Pusat Pembelajaran Nashiha adalah tindak Nyata tanpa kata pembuka

Belajar

Asyik

ing

app Mind M

Nashihapedia

Sehat tanpa Pacaran TadabburQuran

+

10 Cara Berprestasi di sekolah

DuniaKita

Galau don’t Follow Nashiha Islamic Class Motivasi?Tarbiyah Islamiyah?JustspeakingŽ Maksimal 10 Orang Santri dengan satu Tutor Metode Pembelajaran Lets Grow Learning Pendampingan Pribadi

3x Seminggu (reguler-Sore) 4x Seminggu (Khusus-Malam)

Penerbitan dan Percetakan NASHIHA MEDIA

saatnya

cinta

Membantu untuk Mempersiapkan Menerbitkan dan Mencetak dari mulai Brosur, buletin, majalah hingga Buku untuk Pribadi, Komunitas dan sekolah

bersemi

untuk mu bacanashiha.wall.fm

edisi 9/III/Januari/2012


TTS

Nashiha

nashiha

next

Menggali Potensi Melejitkan Diri

ISI NASHIHA EDISI JANUARI 2012

Across

Down

2.tiny particle of matter inside an atom with a positive electric charge (proton) 5.stimulating drug found in tea and cofee (Kafein) 7.Scientific study of the stucture of substance and how they combine together (Kimia) 9.Study of the nature and growth of society and social behaviour (Sosiologi)

1.without other (sendirian) 2.study of matter and energy (fisika) 3.long thin piece of potato fried oil or fat (keripik) 4.division of animals or plants within a family (genus-biologi) 6.particular style or type literature, art, film or music (Genre/Jenis) 8.person or thing that is greatly loved or a

40 Nashiha Januari 2012

BerandaDepan Komunitas

2: Pusat Pembelajaran Nashiha 3: Alhaudl dan Ash Shufiyah

Kata Pembakar

4: Saatnya Cinta

Lets Grow

5: Energi Cinta

Kisah Hikmah

15: Kebiasaan

Belajar Asyik

16: Mind Mapping

Nashihapedia

18: Sehat tanpa Pacaran

TadabburQuran

20: QS Al Falaq dan An Nas

DuniaKita

22: Galau don’t Follow

Kisah Hikmah

25: Anak Pemarah dan Paku

Sosok Inspiratif

26: Steve Jobs

Knowledge

28: Kepribadian Manusia

JenakRehat

30: LOL

Did You Know

32: fact

English Corner

33: Kindness

Sudut Pandang

34: Film Indie

Inspiratif

36: 1o Cara Berprestasi di sekolah

Ask

37: Majalah Dinding

Zona Quis

38: Hitung

PSBLB

40: Drum Tertutup

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: Agus Kurniawan |facebook.com/nashiha1|

Sekretaris Redaksi Nashiha: Achmad Junaidi | Jhuna_punya@yahoo.co.id|

Photographer: Safwan Noor |wawan_twongau@yahoo.co.id|

Penyalur: M. Fahri Kurniawan |fb:@Muhammad Fahri Kurniawan|

Hidayat |fb:@ryukhalik|

Penerbit: PUSAT PEMBELAJARAN NASHIHA KPR Taman Sari No 29.C Delta Pawan Ketapang Kalimantan Barat Kontak: Redaksi dan Pusat Pembelajaran Nashiha: 085245690264 (Agus) Center Forum Lingkar Nashiha 085393855441 (Sapuan) email: nashihasharejilid2@gmail.com Pencetak: NASHIHAMEDIA PUBLISHING HOUSE Jl.Ketapang-Tolak Muara Pawan Ketapang

jejaring komunitas: http://bacanashiha.wall.fm group FB: nashiha let’s grow

Nashiha Januari 2012 1


Beranda Depan Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh Nashiha kali ini tentang mencintai dirimu sendiri, wuuuu ya, selain itu Nashiha terbit lebih tebal dan berisi dengan tekad selalu Ringkas, Cerdas dan Tuntas... Mohon maaf jika masih ada yang belum berkenan dan puas, namun Nashiha tetap bersungguh memperbaiki diri. Nashiha edisi ini juga memperkenalkan logo baru nashiha yang lebih fresh, dengan tulisan yang gak neko - neko dan sentuhan kesegaran dititik i nya diarahkan pada kesegaran kamu para belia dalam membaca NASHIHA. PUSAT PEMBELAJARAN NASHIHA sekarang mengambil alih tugas yang sebelumnya di emban oleh Majelis Nashiha, kini harapan baru akan berluasnya NASHIHA menemukan jalan dengan terbentuknya Pusat Pembelajaran Nashiha, sebuah pusat pembelajaran dengan menerapkan metode yang telah di programkan oleh pendiri NASHIHA. Pusat Pembelajaran Nashiha sebagaimana logonya yaitu sebatang lilin akan menjadi penerang dalam gulita dunia pembelajaran kita. Berita menyenangkan juga kembali datang, setelah berfikir ulang tentang makna komersialitas media, maka dengan terbitnya NASHIHA edisi Januari ini maka berakhirlah penjualan NASHIHA, bagi yang telah mendaftar dalam jaringan penjualan mohon maaf yang sebesar - besarnya, program lain yang lebih berguna sudah disiapkan untuk kamu. So, apakah NASHIHA digratiskan? kami tidak akan menyebutnya demikian, karena dengan memberi gratis kami hanya membentuk mental pengemis baru. Kamu tetap membayar, membayar dengan kesediaan kamu untuk tetap membaca, belajar menulis untuk diterbitkan dalam NASHIHA atau tetap mengikuti pembinaan MAJELIS NASHIHA dan ikutan dalam forum lingkar nashiha. Dengan begitu kamu telah membiayai NASHIHA, atensi saat ini lebih berharga dibandingkan uang. bergabunglah dengan kita di situs jejaring sosial belia nashiha online : bacanashiha.wall.fm dan dapatkan artikel serta video menariknya. oke, Selamat Membaca Belia Nashiha. Wassalam

2008

Pusat Pembelajaran

NASHIHA

Selamat Bergabung kamu BELIA NASHIHA yang berhak mengikuti Kelas Bahasa Inggris Just Speaking®bawa NASHIHA berisi pengumuman ini pada:

Kelas Sore Perdana: Senin, Rabu dan Jumat Pukul 16.15-17.00 maksimal 10 Orang Atau kamu bisa mengikuti Kajian Lepas Magrib dengan Memadukan Mengaji dan Belajar Just Speaking®

Magrib berjamaah Senin sampai Kamis Buat Kartu Member mu untuk mendapatkan Fasilitas Belia NASHIHA 2 Nashiha Januari 2012

siswa yang ada di kelas Abdullah? a. 16 siswa b. 26 siswa c. 30 siswa d. 31 siswa e. 32 siswa Tes Persamaan Kata ( Sinonim) 11. ACUAN : a. pegangan b. pedoman c. pemacu d. rujukan e. pendorong 12. RANCU a. Canggung b. Jorok c. Kacau d. Tidak wajar e. Semu 13. RENOVASI a. Pemagaran b. Pemugaran c. Pembongkaran d. Peningkatan e. Pemekaran 14. HETEROGEN a. Elastis b. Aneka c. Oksigen d. Sejenis e. Pecah 15. KALEIDOSKOP a. Pengumpulan b. Lensa okuler c. Seragam d. Kebersamaan e. Bhineka (Analogi) 16.AIR : ES a. Uap : Air

b. Uap : Udara c. Uap : Basah d. Uap : Mendidih e. Uap : Awan 17.APOTEKER : OBAT a. Pesawat : Penyakit b. Koki : Masakan c. Montir : Rusak d. Mentor : Dril e. Psikiater : Ide 18. PILOT : PESAWAT a. Masinis : Kapal b. Kusir : Kereta c. Nelayan : Kapal d. Motor : Truk e. Supir : Mobil 19.DESIBEL : SUARA a. Are : Jarak b. Warna : Merah c. Suhu : Temperatur d. Volt : Listrik e. Kalori : Berat

20. BURUNG : TERBANG : UDARA a. Makanan : Nasi : Meja b. Rokok : Tembakau :Asap c. Kuas : Cat : Tembok d. Ibu : Memasak : Halaman e. Ikan : Berenang : Air

"Semua yang dimulai dengan rasa marah, akan berakhir dengan rasa malu." "Kaca, porselin, dan nama baik, adalah sesuatu yang gampang pecah, dan tidak dapat direkatkan kembali tenpa meninggalkan bekas yang nampak" “Lebih cepat tidur dan bangun lebih awal membuat manusia sehat, kaya, dan bijaksana" Benjamin Franklin

Seorang pembantu di omeli oleh oleh majikannya. " Nem, kamu ini bagaimana, masa setiap hari tusuk gigi selalu habis separuh, kamu apakan sih ?". Inem, dengan santai menjawab:" Bu, sumpah mati , bukan saya yang membuang buang tusuk gigi ibu, ini mesti anak ibu si sinyo yang melakukannya ". “ Atas dasar apa kamu menyalahkan anak saya itu ?", bentak majikannya. " Wong kalau saya, tusuk gigi yang habis saya pakai saya taruh kan kembali lho bu, tidak pernah saya buang !". “............................????" . Nashiha Januari 2012 39


Zona Quiz

Tes Seri

Komunitas

UjiDiri mu... e. 20

1. 2 4 6 8 … a. 9 b. 10 c. 12 d. 14 e. 16

5. 64 48 40 36 34 … a. 33 b. 32 c. 29 d. 21 e. 16

2. 2 3 6 7 10 … a. 11 b. 12 c. 14 d. 16 e. 17

6. a c d b h i c m n … a. d b. e c. m d. o e. p

3. 6 7 9 13 21 … a. 9 b. 21 c. 29 d. 37 e. 51

7. a b c f g h k l … a. j b. k c. l d. m e. n

4. 3 2 6 3 9 4 … a. 5 b. 9 c. 12 d. 16

Logika Aritmatika

38 Nashiha Januari 2012

8. Waktu dikota A 3 jam lebih cepat daripada kota B. Sebuah mobil berangkat

dari kota A menuju ke kota B pada pukul 5 pagi dan tiba dikota B 4 jam kemudian. Pada pukul berapakah mobil tersebut tiba dikota B? a. 9 pagi b. 6 pagi c. 4 pagi d. 3 pagi e. 2 pagi

9. Pak Dadang menjual sepatu seharga Rp. 150.000,- dan memperoleh laba 20% dari harga beli. Berapakah harga beli sepatu tersebut? a. Rp. 125.000 b. Rp. 75.000 c. Rp. 30.000 d. Rp. 120.000 e. Rp. 100.000

Motivasi Forum Lingkar Nashiha di STAI Al Haudl

Fun Ambalan MAS Ash Shufiyah diPantai Pulau Datok

10. Nilai ujian Abdullah termasuk urutan 16 dari atas dan juga urutan 16 dari bawah dalam kelasnya. Berapa banyak jumlah Nashiha Januari 2012 3


KataPembakar

Yuk tanya - tanya ke Redaktur Nashiha tentang masalah mu, tentang apa aja boleh... kirim ke www.facebook.com/nashiha1 atau sms ke 085245690264... di tunggu.

Saatnya Untuk Cinta Menurut penelitian; 90% remaja tidak memiliki rasa cinta dan suka pada diri mereka sendiri. Banyak remaja yang tidak menyukai bentuk wajah, kulit, rambut, hidung dan tubuh. Lalu ada juga yang merasa dirinya tidak terlalu pantas, atau buruk, tidak pintar dan tidak cukup menarik perhatian orang lain. Kehidupan tanpa cinta kepada diri sendiri membuat kita mencoba meraih cinta dari orang lain. Keinginan untuk meraih cinta dari luar diri itulah yang kemudian membuat banyak remaja seperti berikut ini: Saat ini pengguna narkoba di Indonesia diperkirakan mencapai 1,5 persen dari jumlah total penduduk Indonesia. Survei KPA yang dilakukan terhadap 4.500 remaja di 12 kota besar seluruh Indonesia juga menemukan 93 persen 4 Nashiha Januari 2012

ditinggalkan teman, pacar, geng dan lain sebagainya.

remaja pernah berciuman, dan 62,7 persen pernah berhubungan badan, dan 21 persen remaja telah melakukan aborsi. Sejak Januari hingga Oktober 2009, Kriminalitas yang dilakukan oleh remaja meningkat 35% dibandingkan tahun sebelumnya, Pelakunya rata-rata berusia 13 hingga 17 tahun. Itu 2009 ! Apakah kamu juga seperti itu? Wowwww… jangan sampai deh ya… tapi bila tidak hati-hati tentu kamu bisa saja termasuk yang seperti itu. Bila kamu terus terusan mencari cinta diluar dirimu, maka yang terjadi kamu akan sulit membayangkan kamu hidup sendirian, dan kamu takut

Akhirnya kamu berakhir menjadi generasi 'Biasa' yang kita temui di pantai, bolos sekolah, nongkrong dipinggir jalan, dipojok gelap, merokok, bertato dan pada akhirnya melakukan hal yang merugikan dirimu sendiri. Itu karena cinta, tentu saja cinta yang salah. Pertanyaannya sekarang apakah setiap kamu berkaca, kamu mencintai orang didalam cermin itu? Bertanyalah kedalam hatimu, dan dengarkan suara-suara pikiranmu, apakah kamu benar-benar menyukai dirimu? Jika kamu bener mencintai dirimu sendiri, good, tapi jika kamu menjawab selainnya… Ow,Ow, jangan terlalu risau, kamu remaja biasa dan itulah sebabnya kamu membaca bookmagz ini. Selamat Membaca... |agus|

MAJALAH SEKOLAH? Bisakah kami Tim MADING Sekolah bikin Majalah Sekolah? BISA, sekarang yang perlu dipikirkan adalah apakah bakal di komersilkan atau nggak? Ini penting, dan menyangkut kelangsungan hidup Majalah yang kamu bikin. BEDA antara majalah komersil dan gratisan adalah konten, ketika Nashiha masih Gratisan saya tidak memikirkan keinginan dan kebutuhan pembaca, namun ketika Nashiha sudah masuk ranah komersil maka Nashiha harus terlibat di riset apa yang diinginkan dan dibutuhkan. Komersil atau tidaknya majalah juga menentukan gaya Tulisan yang kamu buat, sebuah Majalah sekolah komersil di salah satu SMA Swasta Ketapang harus berjalan terseok – seok karena tak mengerti gaya bahasa dan kontent yang diingini pembacanya, dalam sangka-nya dengan cara mewajibkan siswa membeli, Majalah nya akan dibaca... padahal Cuma jadi coret – coretan. Jadi yang perlu kamu pikirkan adalah apa kontent yang perlu Tim kamu masukan ke dalam Majalah sekolah mu dan yang kedua adalah bagaimana cara serta gaya Tim kamu menyampaikannya, selain itu tampilan

juga perlu (kalo ini sih kamu bisa merefer ke Majalah yang kamu senangi). Setelah semua beres, maka selanjutnya adalah pencetakan. Tentukan apakah kamu mau mencetak ukuran A3 lipat (majalah AnekaYess dan Story), B5 (Majalah Gadis) atau A5 seperti NASHIHA. Kemudian tentukan Halaman nya, berapa jumlah halaman yang kamu inginkan. Setelah itu pikirkan kepada siapa kamu akan mencetak, saya menyarankan untuk ke percetakan yang menawarkan POD (print on Demand) yaitu cetak sesuai permintaan, seperti NASHIHA MEDIA( huh, promosi) atau bisa saja kamu ke percetakan besar dengan oplah/jumlah cetak besar pula, biasanya minimal 250 buah untuk A3 dan B5 atau 500 buah untuk A5. Pikirkan jumlah uang mu dan putaran jual nya... banyak majalah lokal yang KO gara – gara mencetak di percetakan besar. Atau pilihan lainnya kamu bisa mencetak mandiri, yang kamu perlukan Cuma Printer (canon lebih baik) dan software seperti Coreldraw atau Pagemaker dan freehand, tutorialnya cari saja di om Google.

BIKIN SMS BELAJAR

AsK

saya dan teman - teman pengen memulai Program SMS Belajar, jadi caranya adalah kami membuat rangkuman pelajaran hari itu dalam konsep SMS untuk disebarkan lagi. Masalahnya banyak temanteman yang belum mengerti atau gak mau ikutan, bagaimana nih? BELIA NASHIHA Tidak mudah memulai sebuah program kreatif, apalagi yang ada hubungannya dengan pembelajaran. Namun, pada prinsipnya adalah MEMULAI, mulai saja dari kamu mengirim SMS yang udah kamu buat, Insya Allah akan menular ke teman - teman lainnya. Pada akhirnya semua terpulang ke diri kamu sendiri, apakah kamu akan terus memperjuangkan ide mu walau tak satupun pendukung (itu namanya tulus) atau kamu menyerah karena tak berdukung?

So... yang terpenting adalah kamu pengen mencoba dan mencoba, kita dukung kalo Cuma perlu pembimbing... hubungi kontak NASHIHA untuk lebih jelasnya.>

Nashiha Januari 2012 37


InspiraTips

10 CaraDi Sekolah Meningkatkan Prestasi

1. Jadilah seorang pemimpin. Latihlah rasa tanggung jawabmu. Apabila guru meminta bantuanmu untuk mengerjakan sesuatu misalnya membersihkan kelas, jangan ragu untuk menerimanya. Ajak beberapa teman kelas dan pimpin mereka untuk membersihkan kelas bersama-sama. 2. Mendengarkan penjelasan guru dengan baik. Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru apabila kamu mengetahui jawabannya. Jangan menunggu guru untuk memanggil kamu untuk menjawab pertanyaan. 3. Jangan malu untuk bertanya. Selalu ajukan pertanyaan kepada guru apabila tidak mengerti tentang sesuatu hal. 4. Kerjakan PR dengan baik, jangan selalu mencari alasan untuk tidak mengerjakannya. Jangan malas mengerjakan PR dengan alasan lupa atau menunda-nunda mengerjakannya. Enak kan kalau kita cepat mengerjakan PR, jadi masih punya banyak waktu untuk bermain dan nonton TV deh! 5. Setiap pulang dari sekolah, selalu mengulang pelajaran yang tadi diajarkan. Nanti sewaktu ada ulangan jadi tidak banyak yang harus dipelajari! Asyik!

tempat kursus. Selain itu, siapa tahu dari kurang menyukai matematika, kalian malahan menyukainya. 8. Ikutilah kegiatan ektrakurikuler yang kamu senangi. Cari tahu kegiatan apa yang cocok dan kamu suka. Contohnya apabila kalian suka pelajaran tae kwon do, cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut, sehingga selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kalian juga dapat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah. 9. Cari seorang pembimbing yang baik.

Mengapa Kamu Perlu Membaca Let’s Grow Edisi ini?

Biar kamu sadar bahwa kamu begitu berarti

Sediakan Cinta untuk diri sendiri

Orangtua adalah pembimbing yang terbaik selain guru. Apabila ada yang kurang jelas dari keterangan guru di sekolah, kalian dapat menanyakan hal tersebut kepada orang tua. Selain itu, kalian juga dapat belajar dari teman yang berprestasi. 10. Jangan suka mencontek teman. Kalau mencontek, kamu bisa bodoh karena tidak berpikir sendiri. Lagipula belum tentu, teman yang kamu contek itu menjawab pertanyaan dengan benar. Belum lagi kalau ketahuan guru dan teman lain, malu kan? Kalau kamu rajin belajar, pasti bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar sehingga ulangan dapat nilai baik. sumber: www.duniabelajar.com

Menyadari Tentang Energi Cinta dan Mengarahkannya

6. Cukup istirahat, makan dan bermain. Semuanya dilakukan secara berimbang. Setelah pulang sekolah, kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya, contohnya makan dan istirahat. Padahal setelah seharian di sekolah, tak terasa badan kita membutuhkan masukan energi tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan makanan yang kita makan. Oleh karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik, badan jadi segar setiap hari! Jadi tidak sering mengantuk di kelas! 7. Banyak berlatih pelajaran yang kurang disuka. Apabila kamu tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contohnya matematika, maka banyak-banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar berkelompok dengan teman. Sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di 36 Nashiha Januari 2012

Menghindari 10 Hal yang dilakukan orang Yang Gak Mencintai Diri Memahami & Melakukan 5 Langkah Cara Mencintai Diri sendiri Nashiha Januari 2012 5


untuk diri sendiri Saya merasa bahagia jika saja saya:

orang terakhir yang kamu lihat sebelum kamu tidur, bahkan akan hadir didalam mimpimu, lalu mengapa kamu tidak belajar memberikan cinta padanya, pada orang didalam cermin itu?

1…………………………… 2…………………………… 3…………………………… 4…………………………… Kamu merasa bahagia dengan hidung mancung, kulit putih, rambut lurus, punya mobil, bisa juara 1, dicintai oleh salah satu dari personel SM*SH (halah, lebay wannabe), pacarmu mencintaimu dengan tulus dan lain sebagainya. Mungkin itu ya yang kamu tulis di list di atas, namun tahukah kamu, semakin banyak yang kamu tulis sebagai tanda kebahagiaanmu, maka semakin jauh kamu dari kebahagiaanmu. Rumus utama sukses dan tentu saja bahagia, adalah kamu menyukai dirimu sendiri apa adanya, lalu berbuat lebih dari apa adanya dan akhirnya 6 Nashiha Januari 2012

meraih yang lua r dari biasanya, sesederhana itu. Lalu bagaimana dengan kamu yang tidak mencintai dirimu sendiri, tentu saja kamu adalah remaja normal yang 90% itu, yang masih belum menerima dirimu apa adanya untuk kemudian meletakan kebahagiaanmu ditangan orang lain. Hoi, Wake Up, bangun dong Fren, orang lain… tidak begitu berarti dibandingkan dirimu sendiri. Dirimu itulah yang bangun tiap pagi bersamamu, menghabiskan seluruh waktumu bersamanya, setiap detik dan menit kamu lalui bersamanya, dan dialah

Dialah sahabat terbaik yang pantas kamu cintai, sahabat yang membangkitkan mu saat kamu terpuruk, sahabat yang terus ada untukmu, lalu mengapa kamu tidak belajar untuk menyukainya, sekarang ! KAMU, adalah orang yang paling berarti dalam hidupmu, dan pantas untuk kamu cintai… dan dengan begitu kamu menggenggam kesuksesan dan kebahagiaan didalam tanganmu sendiri, bukan di tangan orang lain.|#|

untuk membuat suatu komunitas kecil khusus dalam bidang seni film. Dari sini kami mulai banyak menggali ilmu tentang dunia perfilman dari berbagai Buku, artikel, internet dan sharing dengan kawan kawan yang lebih berpengalaman di luar daerah. Secara sadar sesungguhnya sebuah hobby atau kreativitas yang kami lakukan, sedikit banyak menyita waktu tenaga dan fikiran, sementara tuntutan hidup terus mendesak, akhirnya Seiring dengan bergesernya waktu satu persatu kami menempuh jalan hidup masing masing, ada yang memutuskan pergi melaut, merantau ke pontianak, dan memutuskan untuk masih tinggal di kampung, sementara saya kembali hijrah ke Ketapang dan mengajar Di SMPN 03 Ketapang pada tahun 2006.

Di akhir tahun 2008, tepat ketika saya mengundurkan diri dari bangku kuliah dan posisi mengajar, penyakit hobby yang sempat terkubur kembali bangkit, dengan bermodalkan satu Camcorder dan beberapa Tim Kecil film maker, kami mengumpulkan para pelajar tingkat SMP/MTs Dan SMA/MA yang berminat dalam bidang seni perfilman. Kami akhirnya menjaring beberapa orang yang memang memiliki komitmen sesuai dengan apa yang kami paparkan, ya salah satunya tidak ada Honor/insentif ketika menjadi aktor/aktris dalam film Indie, karena sesuai namanya Film Indie adalah Film independent yang tidak memiliki sponsor, Idealisme dan perjuangan serta pengorbana n adalah kunci utama ketika bergabung bersama

komunitas perfilman independent seperti kami. Setelah komitmen tercapai, tidak lama lama kami langsung menggarap script yang sedikit lebih canggihlah dari pada beberapa tahun lalu. Tekhnis secara teori dalam pembuatan film pun rasa rasa nya sudah di luar kepala. He .. he . hanya praktek saja yang belum kami laksanakan. Singkat cerita proses pengambilan gambar pun usai, tinggal melihat hasil dan proses ediitng. Tapi apa yang terjadi …? Ternyata semua gambar dari tiga camcorder yang di transfer, 80 % hasilnya tidak waras, he he … ada yang gempa bumi, view nya, komposisinya, angelnya, wah… pokoknya amburadul deh… maklum yang menjadi kameramen masih amatiran semua, Mau tidak mau proses pengambilan gambar di ulangi kembali, dan dengan susah payah akhirnya Film selesai di produksi dalam waktu kurang dari dua bulan. (bersambung)

Nashiha Januari 2012 35


Sudut Pandang Oleh : Miftahul huda seorang Film maker @Simpang Mandiri Production fb:M Huda Bang Yuda

Berawal dari sebuah hobby dan iseng iseng di akhir tahun 2005, bersama dengan beberapa teman dekat untuk membuat sebuah film yang sangat tidak profesional, he.. he .., lho kok tidak profesional ?, coba deh bayangkan dengan modal kamera pocket, PC Pentium abal abal, ha ..ha .. apalagi alat lain ?, oh gak ada lagi, karena memang gak ada yang mau di pinjam lagi, he.. he .. saat itu dengan bermodalkan nekat kami langsung saja membuat Skenario yang bisa juga dikatakan sangat tidak profesional, ( dialog monoton tanpa di sertai keterangan sebagaimana lazimnya sekenario pada umumnya, ya begitulah kalau tidak tahu apa apa alias butak kayu, akhirnya jadi butak tulik, ha ha. Ok, setelah skenario jadi kami langsung saja memilih pemain, lagi lagi tanpa prosedur yang benar, tidak 34 Nashiha Januari 2012

FILM INDIE

Sebuah Kisah Antara Realita & Hobby (bag.1 dari 2 Tulisan) ada casting, tidak ada penggodokan pemain, tidak ada standar karakter tokoh, pokoknya kami langsung main bantai bantai saja. Proses pengambilan gambarpun di mulai dari mulai A sampai Z, tidak ada cut dalam akting, pokok nya hantam kromo saja, yang penting akting aktingan yang memalukan itu cepat selesai. Proses editing memakai PC abal abal pinjaman teman dimulai, betapa menyedihkan nya berhadapan dengan PC butut, serasa mau di buang ke sungai saja, bayangkan saja ketika mengcompile potongan potongan gambar yang hanya berdurasi kurang dari 60 menit bisa memakan waktu 1 X 24 jam lebih , ha ha ha. Tapi dengan sabar kami menikmati proses editing yang membosankan, hingga akhirnya editing usai setelah kurang lebih dua minggu. Saat nya mereview hasil kerja keras yang butak tulik he .. he .., dengan senyuman puas

tapi terkadang juga malu melihat film secara overall banyak yang tidak beres, gambar yang kaya gempa bumi, editing yang amatiran, akting yang juga sangat tidak profesional, dan banyak hal hal lain yang secara teori maupun tekhnis juga banyak kekurangan. kami memutar film tepat pada malam tahun baru 2006, sebenarnya malu juga memamerkan karya yang sangat tidak profesional ke khalayak ramai. Tapi mau di apakan lagi orang orang pun juga penasaran dengan gembar gembor kami saat film sebelum tayang, dan Entah apa yang mereka rasakan setelah melihat film kami yang amatiran trsebut. Dari Pembuatan film pertama kali tersebut sesungguhnya banyak sesuatu yang berubah, yang awal nya kami hanya iseng belaka namun kemudian lama kelamaan berkembang menjadi sebuah hobby. Dan pada puncaknya kami bersepakat

i g r Ene

a t n i C Cinta Membuatmu

Melakukan Apapun

Cinta Cinta

Menumbuhkan

Cinta Mengubah Segalanya

Karena Cinta adalah Energi yang besar Maka Mengapa Tidak Kau Arahkan Energi itu Untuk Membesarkan Kualitas diri mu? Nashiha Januari 2012 7


Cinta Membuatmu Melakukan Apapun Kamu yang mengarahkan cintamu pada orang lain, kamu ingin selalu memberikan yang terbaik yang bisa kamu berikan, melakukan apapun, berkorban dan jika ada yang menghina kamu akan membela orang itu bukan?. Kamu rela menderita, ditinggalkan sahabat, di marah orang tua, habis bensin, bocor ban (eh, emang mau kemana) hanya untuk menunjukan cinta mu pada si dia. Itulah hebatnya cinta.

Orang yang mencintai dirinya sendiri memiliki impian besar dan berkemauan keras menjaga dirinya sendiri. Dia tidak mengizinkan orang lain untuk merusak kesempatannya untuk bahagia dan sukses. Dia dengan senang hati melepaskan kesenangan yang dekat hanya untuk mendapatkan keuntungan dikemudian hari. Itulah Cinta, the Power Of Love.

Lalu bagaimana jika kamu memilih untuk mencintai dirimu sendiri? Maka kamu akan menghabiskan banyak waktu mu bukan untuk bersantai-santai, yang kamu pikirkan adalah bagaimana cara membahagiakan dirimu sendiri, bagaimana caranya agar kamu sukses luar biasa didalam hidup, kamu akan memberikan yang terbaik dalam hidupmu, rela bekerja keras, ikhlas melewatkan kesenangan di tepi jalan, ikhlas meninggalkan kebiasaan terlalu sering bermain Game, Ikhlas untuk tidak berduaan di pojok gelap, Ikhlas untuk menolak tattoo, Ikhlas untuk tidak merokok dengan keyakinan bahwa kamu pengen hidupmu Hebat dan Mulia, tidak membuat cacat sedikit pun di sejarah

Ada fakta menarik nih: Sebuah penelitian yang disebut Marsmallow Effect menawarkan 1 buah Permen Tangkai pada sekelompok anak-anak, tentu saja mereka senang, namun para peneliti memberitahu mereka, jika mereka menunggu beberapa waktu lagi mereka akan mendapat lebih banyak permen. Bertahun-tahun kemudian, para peneliti mendapati, anak-anak yang pengen cepat mendapatkan permen hanya menjadi orang biasa, dan anak yang dengan senang hati menanti beberapa saat untuk mendapatkan permen yang lebih banyak mencapai sukses di dalam hidupnya. So kamu pilih yang mana? Menunda kesenangan sesaat atau tersesat?

8 Nashiha Januari 2012

hidupmu yang luar biasa.

Kindness One

day, a poor boy who was selling

goods from door to door to pay his wa through school, found he had only one thin dime left, and he was hungry. He decided he would ask for a meal at the next house. However, he lost his nerve when a lovely young woman opened the door. Instead of a meal, he asked for a drink of water. She thought he looked hungry and so she brought him a large glass of milk. He drank it slowly, and then asked, "How much do I owe you?" "You don't owe me anything," she replied. "Mother has taught us never to accept pay for a kindness." He said, "Then I thank you rom my heart." As Howard Kelly left that house, he not only felt stronger physically, but his faith in God and man was strengthened also. He had been ready to give up and quit.

his best to save her life. From that day, he gave special attention to the case. After a long struggle, the battle was won. Dr. Kelly requested from the business office to pass the final billing to him for approval. He looked at it, then wrote something on the edge, and the bill was sent to her room. She feared to open it, for she was sure it would take the rest of her life to pay for it all. Finally she looked, and something caught her attention on the side of the bill. She read these words: "PAID IN FULL WITH ONE GLASS OF MILK.... (Signed) Dr. Howard Kelly." Tears of joy flooded her eyes as her happy heart prayed: "Thank You, God, that Your love is shed abroad through human hearts and hands."

Years later, that young woman became critically ill. The local doctors were baffled. They finally sent her to the big city, where they called in specialists to study her rare disease. Dr. Howard Kelly was called in for the consultation. When he heard the name of the town she came from, he went down the hall of the hospital to her room. Dressed in his doctor's gown, he went in to see her. He recognized her at once. He went back to the consultation room determined to do Nashiha Januari 2012 33


Did

You

Know? The First Mother’s Day was started by American women in 1908

Paper Was Invented in China nearly 2000 Years Ago The First Guitar Was Made by Spanish Instrument Maker

Pasta and Ice Cream were first made in China Aspirin, the popular pain-killer, was first made in France in 1853 The First pair of jeans was made by German tailor called Levi Straus The first tape cassetes were designed by a Dutch Company

869 Languages are spoken in Papua, New Guinea Mirrors were invented by Egyptians

The Ballpoint pen was invented by a hungarian Called Biro 32 Nashiha Januari 2012

Cinta Menghadirkan Cinta Tahukah kamu, begitu kamu mencintai dirimu sendiri, orang lain akan menyukai dirimu.

dirinya dan menarik nafas dengan lega pada setiap hal diluar dirinya, cinta membuat segalanya menjadi indah.

Orang yang mencintai diri sendiri bagi kamu (didalam mindset/pemikiran kamu) mungkin adalah orang yang Egois, berdiri tiap pagi didepan pintu dan bilang 'saya hebat bukan?'. Atau seperti si Miss Ego dikelas mu yang selalu mencari muka pada guru.

Ketika kamu menyukai dirimu sendiri, kulit hitammu, hidung pesekmu, rambut keritingmu, dagumu yang gak kelihatan, maka dari dalam dirimu akan muncul keceriaan yang membuatmu siap menghadapi apapun, berteman dengan siapapun dan beramah tamah kapanpun. Kamu akan sering tersenyum dan bicara positif yang membantu orang lain disekitarmu.

Bukaaan, kita bukan sedang membicarakan egoisme, egoisme hanyalah sebuah produk dari ketidak percayaan diri, merasa diri tidak pantas lalu menutup diri dari orang lain, itulah egoisme. Orang egois tidak akan menemukan cinta didalam dirinya, bahkan untuk dirinya sendiri. Orang yang mencintai dirinya sendiri, adalah orang yang puas tentang apa didalam

Akhirnya cinta tumbuh disekelilingmu. Maka menjadi pantaslah untuk dicintai‌

Nashiha Januari 2012 9


Cinta Mengubah Segalanya

Dinar Beranak Dirham Seorang anak perempuan datang kepada Asy'ab untuk menitipkan uang satu dinar. Oleh Asy'ab uang itu disimpan di bawah kasur. Di sampingnya ia taruh pula uang satu dirham. Beberapa hari kemudian anak perempuan itu kembali lagi untuk mengambil uangnya. “Mana uangku satu dinar?” tanyanya. “Itu aku simpan di bawah kasur, malahan sudah beranak satu dirham,” jawab Asy'ab.

Pada saat seseorang dalam keadaan terpuruk, dan tidak mencintai dirinya sendiri, orang itu sebenarnya ingin membuat orang lain, sahabat, kawan dan cewek yang ditaksirnya menyukainya. Dia merasa perlu melakukan apa yang orang lain suka, maka ketika dia melihat kawankawannya, sepupunya dan banyak orang yang keren menghisap rokok, maka dia pun merokok. Takut ditolak membuat kita seringkali melakukan apapun yang kita duga orang lain suka, padahal itu tidak kita sukai. Seorang cewek akan susah mengatakan “tidak” bila cowoknya meminta yang macam-macam atau berbuat kasar padanya, karena dia merasa takut ditinggalkan. Ketika membiarkan 10 Nashiha Januari 2012

membuat kita lebih baik, lebih mulia, itulah yang kita lakukan. Maka orang yang mencintai dirinya sendiri tidak akan pernah menjadi BEBEK, dia berani berakata TIDAK ! untuk semua yang menghancurkan dirinya sendiri. diri mencoba meraih cinta dari orang lain sementara kita tidak mencintai diri kita sendiri, maka yang ada kita hanya seperti lilin, menerangi untuk hancur. Sudut pandang yang kita gunakan adalah sudut pandang orang lain, yang tak bernilai tetap dan selalu berubah. Tapi begitu kita mencintai diri kita sendiri, kita menerangi diri sendiri dan orang lain, sudut pandang kita berubah, sudut pandang kita adalah sudut pandang diri sendiri, apa yang

Karena cinta segalanya berubah. Kritikan, hinaan dan pandangan rendah orang lain hanya akan memperkuat pendirianmu dan memuliakanmu. Emas hanya mengkilap jika disepuh dengan api, Besi hanya akan menjadi pedang tajam hanya dengan ditempa dan dibakar. Kamu hanya menjadi lebih baik dengan banyak belajar dari kegagalan, melalui hinaan dan menghadapi cacian, karena itulah Jalan Kemuliaan. (*)

Anak perempuan tadi hanya mengambil satu dirham, sementara uang yang satu dinar ia tinggalkan dengan harapan akan beranak lagi. Selanjutnya Asy'ab meletakkan lagi uang satu dirham di bawah kasur. Bebeberapa hari kemudian anak perempuan itu datang. Ia merasa senang mendapati uangnya beranak satu dirham lagi. Kejadian itu berulang sampai empat kali. Saat kedatangannya yang kelima ia terperanjat dan heran melihat Asy'ab menangis. Ia menghampirinya. “Kenapa kamu menangis?,” tanyanya. “Dinarmu meninggal dunia ketika melahirkan,” jawab Asy'ab. “Bagaimana dinar bisa melahirkan?,” tanyanya. “Dasar perempuan tolol, kalau kamu percaya ia dapat melahirkan, kenapa tidak percaya ia bisa meninggal?,” kata Asy'ab. Sumber: Humor Sufi V, Pustaka Firdaus, terjemahan Alfu Hikayat wa Hikayat, Husain Ahmad Amin

Berfikir Sebelum Bicara Di Sajastan, wilayah Asia tengah, antara Iran dan Afganistan, hidup seorang ulama ahli bahasa yang amat terkenal. Suatu hari ia menasehati putranya: “Kalau kamu hendak membicarakan sesuatu, pakai dahulu otakmu. Pikirkan dengan matang; setelah itu, baru katakan dengan kalimat yang baik dan benar.” Pada suatu hari di musim hujan, keduanya sedang duduk-duduk santai di dekat api unggun di rumahnya. Tiba-tiba sepercik api mengenai jubah tenunan dari sutera yang dikenakan sang ayah. Peristiwa itu dilihat putranya, namun ia diam saja. Setelah berpikir beberapa saat barulah ia membuka mulut, “Ayah, aku ingin mengatakan sesuatu, bolehkah?,” tanyanya. “Kalau menyangkut kebenaran katakan saja,” jawab sang ayah. Ini memang menyangkut kebenaran, jawabnya. “Silakan”, kata sang ayah. Ia berkata, “Aku melihat benda panas berwarna merah”. Benda apa itu? tanya sang ayah. Sepercik api mengenai jubah ayah, jawabnya. Seketika itu sang ayah melihat jubah yang sebagian sudah hangus terbakar. “Kenapa tidak segera kamu beritahukan kepadaku? kata sang ayah. “Aku harus berikir dahulu sebelum mengatakannya, seperti apa yang anda nasihatkan kepadaku tempo hari”, jawab putranya dengan lugu. Sejak itu ia berjanji akan lebih berhati-hati dalam memberikan nasihat pada putranya. Ia tidak ingin peristiwa pahit seperti itu terulang lagi. Sumber: Nafhu Al-Thayib, Al-Muqri Al-Til

Nashiha Januari 2012 31


JenakRehat

Fairus danKucing Fairus pada dasarnya tidak menyukai kucing. Ia semakin benci ketika istrinya memelihara seekor kucing. Fairus merasa istrinya jadi lebih perhatian pada kucingnya daripada dirinya. Suatu hari Fairus memutuskan untuk membuang kucing tersebut secara diam-diam. Ketika istrinya sedang mandi, ia pamit pergi keluar sebentar dan dibawanya si kucing. Setelah Fairus bermobil sekitar 10 km dari rumah, ia pun membuang kucing tersebut. Anehnya ketika ia sampai di rumah, si kucing sudah ada di sana. Fairus heran bercampur berang. Sore harinya ia pergi lagi. Kali ini si kucing dibuangnya lebih jauh lagi. Namun tetap saja, sesampainya di rumah, kucing istrinya tersebut telah berada di sana. Fairus berusaha membuangnya lebih jauh lagi, lebih jauh lagi, tapi tetap saja si kucing bisa kembali ke rumah mendahului dirinya. Suatu hari ia tidak saja membawa si kucing pergi jauh, tapi juga berputar-putar dulu. Fairus belok kanan, belok kiri, belok kanan, belok kanan lagi, berputar-putar sebelum akhirnya membuang kucing yang dibawanya. Beberapa jam kemudian ia menelepon istrinya : "Tik, kucingmu ada di rumah? " Tanya Fairus. "Ada, kenapa? Tumben nanya di si Manis segala," jawab istrinya agak heran. “Panggil dia Tik, aku mau tanya arah pulang. Aku kesasaar...! " 30 Nashiha Januari 2012

William Hung Salesman Gagap Ada seorang Pengusaha yang baru memulai usaha baru untuk memasarkan Buku Cerita / Novel, karena dia butuh karyawan dia membuka lowongan kerja buat dijadikan seorang sales, dan ada seseorang yang berbicaranya gagap.. Gagap : “Sese.. la..mat paagi.. Pak...!!!" Pengusaha : "Selamat pagi..." Gagap : "Saa ya.. lii.. hat di sii..ni bu..tuh karr..yaa..wann.. Pak??" Pengusaha : "Iya, saya butuh karyawan yang pandai dan bisa membuat laku buku-buku saya." Gagap : “Saa..ya bii..sa Pak..!" Pengusaha : "Bisa apa?? kamu ngomong saja susah.. bagaimana mau menjadi sales?? Sedangkan sales itu harus pintar berbicara dan harus lancar...?" Gagap : “Baa..pak booleh coo..baa duulu saa..ya pas..ti bisa!!" Pengusaha : "Baik coba kamu jual 5 buku ini.. 1 jam kemudian kamu kembali." Gagap : “Baa..ikk Pak!!" *** Setelah 1 jam Gagap kembali keperusahaan tersebut dan menyetor semua hasil penjualannya, Gagap : "Ini Pak Haa..sill..nya." Pengusaha : "Wahh hebat... Bagaimana kamu bisa menjualnya??" Gagap : “Gaam..pang Pak!! Saa..ya Menna..warkan tee.russ kaa..lau dito..lak, saa..yaa bii..lang... Maau Beeli aatau.. Saaya Baacain Buukunya Saampai Haabiss.....???"

dan Yang terbaik Darinya Ada sebuah cerita tentang seorang kontestan audisi American Idol (ketik saja William Hung di Youtube), William Hung yang memiliki gigi tonggos dan wajah tak menarik sedang menyanyikan lagu “She Bangs” dan lucunya lagi dia menari gaya Ricky Martin, sang bintang Latin yang mampu menari dengan hebat. Suaranya Fals dan gerakan tarinya yang kaku mungkin akan membuatmu terbahak-bahak. Juri Simon Cowell mengatakan “Kamu tidak bisa menyanyi, kamu tidak bisa menari, jadi kamu ingin saya mengatakan apa?” Bukannya marah Will malah mengatakan “Saya sudah memberikan yang terbaik dari diri saya dan saya tidak menyesal sama sekali”. Kata-katanya itu membuat banyak orang terinspirasi dan membuat Situs Fans untuknya, hebatnya lagi 4juta orang mengunjungi situsnya pada minggu pertamanya. Saat dia terkenal diseluruh dunia, dia diberi bayaran 25.000 US Dollar sebagai uang muka kontrak rekaman dan langsung memproduksi 3 Album, dan menakjubkan, penjualan CD nya melebihi pemenang American Idol.

Jika kamu menerima dirimu apa adanya, kamu akan melakukan yang terbaik dari sudut pandangmu… dan kamu gak bakalan menyesal telah melakukannya.

Nashiha Januari 2012 11


10

Sikap

yang Mungkin Kamu miliki Jika Kamu Tidak Mencintai Diri Sendiri

Membaca artikel Lets Grow kali ini mungkin bikin kamu berfikir kok saya mengajak kalian jadi narsis sih? Mencintai diri itu kan sama saja dengan tindakan egois kan? Faktanya kata Liena afin “mencintai diri Anda sendiri sama sekali bukanlah suatu tindakan yang egois. Jika Anda tidak menghargai diri sendiri bagaimana Anda bisa menghargai orang lain? Anda mencintai orang tua Anda, kekasih Anda, dan temanteman Anda tetapi seberapa besar Anda mencintai diri Anda sendiri?� Demikian dia bertanya.

kamu sendiri. Ketika kamu tidak memiliki batas yang jelas, mana yang bisa kamu terima dan mana yang tidak, memungkinkan orang lain memanfaatkan kamu dengan menguras energi dan bisa jadi, apa yang kamu punyai juga. Semakin sering kamu membiarkan itu terjadi, semakin parah kamu akan dimanfaatkan oleh orang lain. Bersikap tegaslah demi kebaikan kamu sendiri. Contoh besarnya adalah seorang cewek yang ngorbanin dirinya untuk meraih kepopuleran atau cinta MONYET seorang cowok

Untuk memberikan cinta tentu kamu harus punya cinta pada dirimu kan?

#2. Memberi lebih banyak daripada menerima

Berikut ini adalah 10 tanda kamu nggak mencintai dirimu sendiri yang kita kutip dari situs Liena Afin dengan beberapa penyesuaian bahasa: #1.Membiarkan orang lain memanfaatkan dirimu

Sadar atau tidak sadar, kebanyakan orang yang bersosialisasi dengan diri-mu akan selalu menguji batas diri 12 Nashiha Januari 2012

Terlalu banyak memberi dan menerima lebih sedikit dari yang sebenarnya pantas kamu dapatkan menandakan bahwa kamu kurang memiliki penghargaan terhadap diri sendiri. Keadaan ini sering terjadi ketika kamu ingin disukai dan diterima oleh orang lain sehingga kamu akan terus menerus memberi dengan harapan mendapatkan

disenangkan * Hidup berdasarkan definisi * Sulit bersosialisasi * Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya * Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang) * Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian) * Memerlukan persetujuan

banyak pujian dan orang lain akan tertarik padamu. #3. Tidak memikirkan diri sendiri

Tidak memikirkan diri sendiri tampaknya adalah sikap yang tidak egois, lalu mengapa tidak memikirkan diri sendiri termasuk dalam daftar ini? It so Simpel, jika kamu sakit apakah kamu bisa membantu orang lain? Jika kamu tidak merawat dirimu sendiri apakah kamu bisa merawat orang lain dengan efektif? Ambillah contoh ketika kamu naik pesawat terbang, pramugari akan mengajarkan bahwa penumpang harus memakaikan masker oksigen pada dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum memakaikan masker oksigen pada anaknya. Help yourself to help others! #4. Tidak memiliki rencana untuk masa depan

Kamu bingung tentang masa depanmu dan hidupmu dipenuhi oleh kata-kata �aku tidak tahu�. Ketika ada orang bertanya, Apa cita-cita-mu? Apa keinginan terbesar-mu di

PLEGMATIS KEKUATAN * Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh * Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik * Tidak banyak bicara, tetapi cenderung bijaksana * Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi) * Kuat di bidang administrasi, dan cenderung ingin segalanya terorganisasi * Penengah masalah yg baik * Cenderung berusaha menemukan cara termudah * Baik di bawah tekanan * Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan * Rasa humor yg tajam * Senang melihat dan mengawasi * Berbelaskasihan dan peduli * Mudah diajak rukun dan damai KELEMAHAN * Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/ kegiatan baru * Takut dan khawatir * Menghindari konflik dan tanggung jawab * Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar) * Terlalu pemalu dan pendiam * Humor kering dan mengejek (Sarkatis) * Kurang berorientasi pada tujuan * Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri * Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat * Tidak senang didesak-desak * Menunda-nunda / menggantungkan masalah.

SANGUINIS KEKUATAN * Suka bicara * Secara fisik memegang pendengar, emosional dan demonstrative * Antusias dan ekspresif * Ceria dan penuh rasa ingin tahu * Hidup di masa sekarang * Mudah berubah (banyak kegiatan / keinginan) * Berhati tulus dan kekanak-kanakan * Senang kumpul dan berkumpul (untuk bertemu dan bicara) * Umumnya hebat di permukaan * Mudah berteman dan menyukai orang lain * Senang dengan pujian dan ingin menjadi perhatian * Menyenangkan dan dicemburui orang lain * Mudah memaafkan (dan tidak menyimpan dendam) * Mengambil inisiatif/ menghindar dari hal-hal atau keadaan yang membosankan * Menyukai hal-hal yang spontan KELEMAHAN * Suara dan tertawa yang keras (terlalu keras) * Membesar-besarkan suatu hal / kejadian * Susah untuk diam * Mudah ikut-ikutan atau dikendalikan oleh keadaan atau orang lain (suka nge-Gank) * Sering minta persetujuan, termasuk hal-hal yang sepele * RKP! (Rentang Konsentrasi Pendek) * Dalam bekerja lebih suka bicara dan melupakan kewajiban (awalnya saja antusias) * Mudah berubah-ubah * Susah datang tepat waktu jam kantor * Prioritas kegiatan kacau * Mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas * Sering mengambil permasalahan orang lain, menjadi seolah-olah masalahnya * Egoistis * Sering berdalih dan mengulangi cerita-cerita yg sama * Konsentrasi ke "How to spend money" daripada "How to earn/save money". dari berbagai sumber.

Nashiha Januari 2012 29


Knowledge

Yuk kenali Pribadi Kita

Kali ini, kita coba mengenal kepribadian kita lebih jauh yuk, caranya? just read this one . Dalam dunia psikologi, dikenal yg namanya 4 tipe kepribadian: Sanguinis, Melankolis, Koleris & Plegmatis, atau ada jg yg langsung mengkategorikannya sesuai dgn sifat dominan masing2 tipe, yaitu: Sanguinis Populer, Melankolis Sempurna, Koleris Kuat & Plegmatis Damai. nah trus kita termasuk yg mana? sok atuh disimak yg berikut ini KOLERIS KEKUATAN: * Senang memimpin, membuat keputusan, dinamis dan aktif * Sangat memerlukan perubahan dan harus mengoreksi kesalahan * Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran/ target * Bebas dan mandiri * Berani menghadapi tantangan dan masalah * "Hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini". * Mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat * Mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus pada produktivitas * Membuat dan menentukan tujuan * Terdorong oleh tantangan dan tantangan * Tidak begitu perlu teman * Mau memimpin dan mengorganisasi * Biasanya benar dan punya visi ke depan * Unggul dalam keadaan darurat KELEMAHAN * Tidak sabar dan cepat marah (kasar dan tidak taktis) * Senang memerintah * Terlalu bergairah dan tidak/susah untuk santai * Menyukai kontroversi dan pertengkaran * Terlalu kaku dan kuat/ keras * Tidak menyukai air mata dan emosi tidak simpatik * Tidak suka yang sepele dan bertele-tele / terlalu rinci * Sering membuat keputusan tergesa-gesa * Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain 28 Nashiha Januari 2012

* Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan * Workaholics (kerja adalah "tuhan"-nya) * Amat sulit mengaku salah dan meminta maaf * Mungkin selalu benar tetapi tidak popular

masa depan? Kamu ingin bekerja di bidang apa? Jawaban-mu adalah ”aku tidak tahu”. Pertama, kamu harus mulai mengenal jati dirimu dengan baik, lalu kemudian bermimpi, berencana, bertindak, dan merayakan hasilnya. #5.Tidak menjelaskan terhadap orang lain tentang apa yang kamu inginkan dan butuhkan

MELANKOLIS KEKUATAN: * Analitis, mendalam, dan penuh pikiran * Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal * Artistik, musikal dan kreatif (filsafat & puitis) * Sensitif * Mau mengorbankan diri dan idealis * Standar tinggi dan perfeksionis * Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi) * Hemat * Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif) * Kalau sudah mulai, dituntaskan. * Berteman dengan hati-hati. * Puas di belakang layar, menghindari perhatian. * Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi * Sangat memperhatikan orang lain

KELEMAHAN * Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan) * Mengingat yang negatif & pendendam * Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah * Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan * Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah * Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if..) * Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit

Selain sering berkata ”aku tidak tahu” orang yang memiliki tanda ini juga sering berkata ”terserah kamu aja”. Mungkin kamu berpikir tidak ingin merepotkan orang lain atau tidak ingin menyakiti perasaan orang lain. Namun jika terus menerus memendam keinginan, akan timbul rasa frustasi dan kesal dalam diri dan miskomunikasi dengan orang lain. #6. Membatasi diri mu...

Membatasi disini maksudnya adalah kamu menghalangi diri-mu sendiri untuk berkembang. Kamu sudah menilai diri-mu tidak bisa melakukan suatu pekerjaan padahal belum pernah benar-benar melakukannya Pemikiran seperti ini tidak akan membuat mu menjadi manusia yang lebih baik karena kamu tetap hidup dalam ilusi zona nyaman. #7. Menerima pengaruh

yang buruk dari lingkungan,

Lingkungan biasanya memiliki pengaruh yang besar pada perkembangan diri seseorang. Tetapi manusia yang bisa berpikir secara dewasa bisa membedakan mana pengaruh yang baik dan mana yang buruk. Menerima pengaruh yang buruk sama saja seperti tidak mencintai diri sendiri karena kamu melakukan suatu hal yang akan merugikan dirimu sendiri di masa mendatang. # 8. Membiarkan orang lain mengatur hidup mu

Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang merdeka. Mereka memiliki tubuh, jiwa, dan pikiran masing-masing. Sayangnya, banyak manusia hidup menjadi boneka yang dikendalikan oleh orang lain. Mereka selalu melakukan apa pun yang diperintahkan orang lain, baik atau buruk. Biasanya si pengatur adalah orang yang memiliki kedudukan tinggi atau bisa jadi, orang yang mereka cintai. Dasarnya adalah rasa takut. Takut kehilangan kedudukan atau orang yang mereka cintai. Jika kamu termasuk orang seperti ini, ketahuilah bahwa kamu berhak untuk mendapatkan kebebasan mengatur hidup mu sendiri yang memang sudah Allah tetapkan padamu sejak lahir.

#9. Tidak berusaha memperbaiki kekurangan,

Kebiasaan dan tingkah laku yang buruk adalah sesuatu yang bisa kamu perbaiki ketika dirimu sudah menyadarinya. Jangan selalu memakai alasan bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Memang selalu akan ada kekurangan, tidak peduli seberapa keras kamuberusaha. Namun memang itulah tujuan manusia hidup, untuk terus belajar. Live from zero to hero and die still as a hero. #10. Membenci kekurangan dan mengabaikan kelebihan diri mu,

Manusia yang selalu menghabiskan waktu untuk mengeluh dan komplain mengenai kekurangannya, akan gagal melihat kelebihan yang sebenarnya ada pada dirinya. Bayangkan saja apabila Stevie Wonder dan Andrea Bocelli yang buta, Nick Vujicic yang tidak memiliki tangan dan kaki, atau Stephen Hawking yang syaraf motoriknya tidak berfungsi dengan baik, terus menerus meratapi cacat tubuhnya, apa mereka bisa menjadi figurfigur yang sukses? Tuhan itu adil, Ia tidak akan menciptakan manusia yang tidak bisa melakukan apapun. Manusia pasti memiliki jalan kesuksesannya masingmasing.(*) Nashiha Januari 2012 13


Bagaimana Menjadi Kamu yang Mencintai Dirimu Sendiri?

The Master Of Presetations

Percayakah kamu bahwa orang yang tidak mencintai dirinya sendiri, yang berarti orang itu tidak menerima dirinya apa adanya, fokus pada kekurangannya hanya akan menghancurkan dirinya sendiri walaupun dia adalah orang paling sukses sejagad? Nick Vujivic yang terlahir tanpa tangan dan Oprah Winfrey lahir dikeluarga miskin serta bermasalah mental karena diperkosa saat berumur 9 tahun. Tentu saja mereka punya alasan 'bagus' untuk tidak menyukai diri mereka sendiri, tapi dengan penerimaan, ketulusan dan perjuangan mereka berhasil melewatkan masa tersulit dan sukses berat di sisa umurnya. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu punya alasan untuk tidak menyukai dirimu sendiri? Jika Ya, oke itu normal saja, itu tandanya kamu masih remaja biasa dan itulah sebabnya kamu membaca buku ini… Sekarang cobalah langkah bagaimana menjadi kamu yang mencintai dirimu sendiri berikut ini : #1 Menerima dirimu apa adanya Penerimaan adalah kunci rasa cinta, terutama cinta pada dirimu sendiri. Terimalah bentuk hidungmu, terimalah warna kulitmu, terimalah latar belakang keluarga mu, dan tentu saja terimalah kelemahanmu. Tidak ada manusia yang sempurna didunia ini selain tentu saja Rasulullah SAW, tugas kita bukan menghitung-hitung jarak kita dengan kesempurnaan yang tidak kita ketahui itu, tugas kita hanyalah menerima apa adanya yang telah diberikan Allah kepada kita, itu saja, dan itulah kesempurnaan.

#2 Terimalah Pujian dan Berilah pujian Ketika orang memuji mu berhentilah mengatakan : 'saya Cuma beruntung'; 'itu bukan apa-apa' ; dan lain sebagainya, karena orang yang menolak pujian adalah orang yang tidak merasa bahwa dirinya pantas melakukan hal yang baik. Ucapkan lah 'terima kasih'. Dan tentu saja, bila ada orang yang melakukan sesuatu yang hebat atau bahkan yang biasa saja, biasakanlah untuk memuji 'gambarmu bagus', beri penghargaan pada orang lain dan orang lain akan menghargaimu

#3 Fokus pada Kekuatanmu Seperti yang kamu tahu, kita memiliki pilihan untuk menentukan fokus dalam hidup kita. Dan pada apapun kita memfokuskan hidup kita, maka disanalah kita hidup. Ingat saja ini, fokus mu pada kelemahanmu akan melemahkan mu, tapi… bila kamu focus pada kekuatanmu maka itu akan menguatkanmu. #5 Pada akhirnya; Terimalah atas Apa yang kamu yang terjadi #4 Jujur pada dirimu sendiri Mungkin kamu pernah bilang besok saya akan Nilaimu hancur, orang tua mu tidak memperdulikanmu, kamu punya sakit yang tidak berubah, Ramadhan ini saya akan berhenti sembuh-sembuh, hati mu sakit… tetaplah melakukan yang tidak baik, saya akan menerimanya apa adanya, karena penerimaan berhenti merokok jika saya masuk 10 besar, menenangkan hati dan membuatmu tetap mencintai dan lain sebagainya. Tapi pertanyaannya kehidupanmu. Gak percaya? Coba saja. Berhentilah adalah sudah berapa banyak janji itu yang mengeluh dan meragukan orang yang mengatakan kamu ingkari…Anak yang Luar BIASA akan bahwa kamu mesti menerima apa adanya dirimu, dan terus berusaha menepati JANJI nya apalagi untuk sekali saja dengarkan mereka… dan terimalah JANJI pada diri sendiri. diri mu apa adanya.

14 Nashiha Januari 2012

Steve 'Apple' Jobs juga dikenali sebagai Master Of Presentations, ia selalu tampil memukau saat mempresentasikan produk terbaru Apple. Menurut Carmine Gallo dalam bukunya the presentations secrets of Steve Jobs, Rahasia suksesnya terletak pada Slide yang dia tampilkan. Berikut RAHASIA nya... #1. Slide Sederhana. Tak seperti pembicara lain serta guru atau dosen, Steve Jobs tidak rame dengan gambar dan apalagi tulisan. Kegemarannya adalah Slide dengan Gradasi warna Biru dibagian atas dan siluet biru tua dibagian bawah. Meski sederhana, tetapi hal ini sebenarnya dimaksudkan untuk membantu peserta memfokuskan diri kepada presentasi secara keseluruhan. Ia juga menggunakan sesedikit mungkin teks dalam slide dan lebih banyak menjelaskan secara langsung.

#2. Huruf jelas dan Mudah Terbaca. Steve sering menggunakan huruf bertipe Helvetica, jenis huruf itu memiliki tingkat kejelasan yang tinggi, baik saat ditampilkan dalam ukuran kecil maupun besar. Selain di Slidenya, Steve Jobs juga menggunakan Helvetica hampir disetiap Produk yang di buat Apple. Slide merupakan alat bantu peserta, jadi jangan persulit mereka dengan banyaknya tulisan dan rumitnya tulisan yang kita buat. #3. Hiperbola itu penting. Steve sering mengucapkan Amazing, Fantastic, awesome, magical, blown me away dan sejenisnya saat berpresentasi. Tujuannya adalah untuk menegaskan kepada peserta bahwa apa yang dia bawakan (dalam hal ini produk Apple) memang hebat dan layak di perhitungkan. Jangan Pelit dengan ungkapan hebat, jangan medit dengan pujian bahkan

terhadap diri kita sendiri. itu yang bisa kita ambil #4. Optimisme. Jangankan yang buruk, bahkan steve jobs tidak pernah menceritakan hal – hal yang biasa saja dari produknya. Ia selalu menunjukan keberhasilan, bukan berbohong. Seorang yang sering mengeluh tidak pernah disukai oleh orang lain, dan apa lagi jika dia seorang pembicara publik. #5. Membandingkan Bukan Menjelekkan. Steve sering membandingkan beberapa produk dari merk lain dengan produk Apple, alih – alih menjelekkan, Steve malah menguraikan perbandingan keduanya dengan adil, ia mencoba menegaskan bahwa para pembeli berhak menentukan sendiri produk mana yang bagus menurut mereka. Dari pada menjelek – jelekan orang lebih baik memberi perbandingan adil antara yang kita inginkan dengan yang tidak kita inginkan.(*) Nashiha Januari 2012 27


Sosok Inspiratif

Steve “Apple” Jobs Lahir pada tanggal 24 Februari 1955. Karena keluarga biologisnya cukup bermasalah, ia sempat diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs yang kemudian memberinya nama “Steven Paul”. Saat SMU dia mengikuti kursus sore di Hewlett-Packard Company. Karena prestasinya bagus, Steven lalu dipekerjakan sebagai tenaga part time di tempat tersebut. pada usia 17 tahun, setelah lulus SMU, dia kuliah di Reed College tetapi drop-out setelah 1 semester. Pada umur 19 tahun dia bekerja di ATARI, sebuah produsen video games – dan bergabung dengan Homebrew Computer Club. Di situ dia mulai dekat dengan Steve Wozniak. Pada usia 21 (tahun 1976), Steven Jobs, bersama dengan Steve Wozniak dan Ronald Wayne mulai merintis pendirian Apple Computer, sebuah perusahaan rumah tangga produsen komputer rakitan. Setelah melalui proses panjang dan hampir bangkrut karena kalah bersaing dengan IBM dan Windows, Apple saat ini telah berhasil merajai dunia dengan berbagai produk canggihnya, dari iPhone, iBook, hingga sistem operasi kenamaan Machintosh. Sekarang, Steven adalah pimpinan Apple Computer. Ia juga salah satu orang pertama yang mengkomersilkan GUI (graphical user interface) dan Mouse yang dikembangkan Xerox. Steven juga memimpin Pixar Animation Studios, sebuah perusahaan animasi terkemuka produsen film “Nemo”. Steven Jobs adalah pria paling kaya no 136 versi Forbes.(*) 26 Nashiha Januari 2012

Panglima dan Penjual Minyak

Kisah Hikmah

Di Tiongkok pada zaman dahulu kala, hidup seorang panglima perang yang terkenal karena memiliki keahlian memanah yang tiada tandingannya. Suatu hari, sang panglima ingin memperlihatkan keahliannya memanah kepada rakyat. Lalu diperintahkan kepada prajurit bawahannya agar menyiapkan papan sasaran serta 100 buah anak panah. Setelah semuanya siap, kemudian Sang Panglima memasuki lapangan dengan penuh percaya diri, lengkap dengan perangkat memanah di tangannya. Panglima mulai menarik busur dan melepas satu persatu anak panah itu ke arah sasaran. Rakyat bersorak sorai menyaksikan kehebatan anak panah yang melesat! Sungguh luar biasa! Seratus kali anak panah dilepas, 100 anak panah tepat mengenai sasaran. Dengan wajah berseri-seri penuh kebanggaan, panglima berucap, “Rakyatku, lihatlah panglimamu! Saat ini, keahlian memanahku tidak ada tandingannya. Bagaimana pendapat kalian?” Di antara kata-kata pujian yang diucapkan oleh banyak orang, tiba-tiba seorang tua penjual minyak menyelutuk, “Panglima memang hebat ! Tetapi, itu hanya keahlian yang didapat dari kebiasaan yang terlatih.” Sontak panglima dan seluruh yang hadir memandang dengan tercengang dan bertanya-tanya, apa maksud perkataan orang tua penjual minyak itu. Tukang minyak menjawab, “Tunggu sebentar!” Sambil beranjak dari tempatnya, dia mengambil sebuah uang koin Tiongkok kuno yang berlubang di tengahnya. Koin itu diletakkan di atas mulut botol guci minyak yang kosong. Dengan penuh keyakinan, si penjual minyak mengambil gayung penuh berisi minyak, dan kemudian menuangkan dari atas melalui lubang kecil di tengah koin tadi sampai botol guci terisi penuh. Hebatnya, tidak ada setetes pun minyak yang mengenai permukaan koin tersebut! Panglima dan rakyat tercengang. Merela bersorak sorai menyaksikan demonstrasi keahlian si penjual minyak. Dengan penuh kerendahan hati, tukang minyak membungkukkan badan menghormat di hadapan panglima sambil mengucapkan kalimat bijaknya, “Itu hanya keahlian yang didapat dari kebiasaan yang terlatih! Kebiasaan yang diulang terus menerus akan melahirkan keahlian.”

Hasil dari kebiasaan yang terlatih dapat membuat sesuatu yang sulit menjadi mudah dan apa yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Sumber : andriewongso.com Nashiha Januari 2012 15


Kisah Hikmah

Belajar Asyik

Tehnik Mencatat Kreatif dengan MindMapping Pernahkah Kamu mendengar Mind Mapping atau Peta Pikiran? Mind Mapping adalah sebuah cara mencatat dengan memanfaatkan bagaimana otak bekerja. Teknik ini diperkenalkan oleh Tony Buzan, seorang ahli dan penulis produktif di bidang psikologi, kreativitas dan pengembangan diri.

Pernahkah ketika mendengar kata jeruk yang terbayang di benak Kamu adalah huruf-huruf J-ER-U-K? Kecil kemungkinan hal itu yang Kamu bayangkan. Demikianlah dalam Mind Mapping, Kamu cukup menuliskan kata kunci yang mewakili dan gambar yang paling sesuai dengan asosiasi dan preferensi Kamu.

Menurut Buzan, otak bekerja dengan gambar dan asosiasi, dan cara mencatat Mind Mapping juga mengkamulkan gambar dan asosiasi tersebut.

Dalam membuat Mind Mapping juga disarankan menggunakan warna. Cara ini akan mempermudah Kamu untuk menyusun pokok pikiran yang berbeda serta memperkuat efek asosiasi yang dibentuk oleh kata kunci-gambarwarna.

Menurut Muhammad Noer salah seorang blogger yang menulis tentang Mind Mapping dirinya bisa mencatat 1 bab materi teks book yang cukup kompleks terdiri dari sekitar 30 halaman dalam satu lembar catatan Mind Map ukuran A4. Bagaimana Mind Mapping Bekerja Pada teknik Mind Mapping, Kamu akan mencatat menggunakan kata kunci (keyword) dan gambar. Perpaduan dua hal tadi akan membentuk sebuah asosiasi di kepala Kamu dan ketika Kamu melihat gambar tersebut maka akan terjelaskan ribuan kata yang diwakili oleh kata kunci dan gambar tadi. Berikut contoh sederhana: Coba bayangkan kata “jeruk”. Ketika Kamu membayangkan sebuah jeruk, maka Kamu melihat buah yang berwarna kuning, rasa yang kadang manis dan kadang sedikit asam, atau segelas jus jeruk yang menyegarkan. 16 Nashiha Januari 2012

Berbeda dengan catatan biasanya yang ditulis dalam bentuk daftar panjang ke bawah, maka mind mapping mengajak Kamu untuk membayangkan suatu subjek sebagai satu kesatuan yang saling berhubungan. Jika menggunakan catatan konvensional, Kamu harus menghafal daftar panjang yang Kamu buat dan seringkali ada yang terlewati. Sebaliknya dengan mind mapping, secara mental Kamu membangun sebuah gambar yang dapat dibayangkan. Ketika gambar tersebut muncul dalam benak Kamu, maka seluruh penjelasan yang terkandung di dalamnya akan terjelaskan. Membuat Catatan Mind Map Pertama Kamu Untuk membuat mind map tidak sulit. Yang Kamu butuhkan adalah:

Anak Pemarah dan Paku Pada suatu ketika, hidup seorang anak yang sangat pemarah. Hal-hal sepele bisa menjadikannya naik pitam. Tapi beruntung bagi anak itu, ia memiliki seorang bapak yang sangat bijaksana. Suatu hari, sang bapak memberikan anak itu sekarung paku. Bapak itu meminta agar anaknya melampiaskan kemarahannya dengan memakukan 1 paku ke tembok belakang rumah. Satu paku untuk setiap satu kali marah. Hari pertama pun dilalui. Hari ini anak itu marah sebanyak 35 kali, maka sebagai konsekwensinya, anak itu harus memasang 35 paku pula di tembok belakang rumah. Hari demi hari pun berlalu, dan tampaknya terapi ini mulai berjalan lancar. Setiap hari, jumlah paku yang ditanamkan ke tembok itu makin berkurang, dari 35 menjadi 30, menjadi 23 dan seterusnya. Bahkan setelah menginjak hari ke seratus, anak itu sudah sama sekali tidak menanamkan paku ke tembok. Dengan gembira anak itu mengabarkan kepada bapaknya, bahwa sekarang ia lebih dewasa dan dapat mengendalikan emosinya. Sang bapak langsung memeluk anak itu, dan mengucapkan selamat kepadanya. “Masih ada satu tahap lagi, nak” kata bapak itu. “Mulai

sekarang, cabutlah 1 paku dari tembok setiap saat kamu dapat bersabar dan memaafkan orang yang membuatmu marah..” Anak itu pun segera menuruti perintah bapaknya. Setiap kali ia dapat bersabar dan memaafkan kesalahan orang, ia mencabut satu paku dari tembok. Hari demi hari pun berlalu, hingga tiba saat dimana ratusan paku di tembok tersebut telah habis dicabut. Anak itu pun kembali pada bapaknya, dan melaporkan keberhasilannya tersebut. “Kamu telah berhasil nak.. kamu telah menjadi seorang anak yang luar biasa.” Bapak itu melanjutkan, “Tetapi coba amati sekali lagi tembok itu”. Sambil mengelus lubang-lubang bekas paku di tembok, bapak itu kembali melanjutkan katakatanya. “Lihatlah tembok ini, sekalipun kamu sudah mencabut seluruh paku yang ada, tetapi tembok tidak dapat kembali utuh lagi seperti sedia kala, banyak sekali lubang menganga dan retakan di tembok ini.” Bapak itu kemudian melanjutkan, “Setiap kamu melukai orang lain.. selamanya kamu tidak akan dapat menghapuskan luka itu.. sekalipun kamu sudah meminta maaf dan mencabut semua kemarahan dari orang-orang sekitarmu.” (author unknown) Nashiha Januari 2012 25


merasakan kenikmatan yang paling besar di dunia ini”, maka ada yang bertanya: “Apakah kenikmatan yang paling besar di dunia ini?”, Ulama ini menjawab: “Cinta kepada Allah, merasa tenang ketika mendekatkan diri kepada-Nya, rindu untuk bertemu denganNya, serta merasa bahagia ketika berzikir dan mengamalkan ketaatan kepada-Nya” (Dinukil oleh imam Ibnul Qayyim rahimahullah dalam kitab “Igaatsatul lahfaan” (1/72) Sobat muda muslim pembaca setia gaulislam, bertakwalah kepada Allah Swt., insya Allah masalah yang kita hadapi ada jalan keluarnya dan tawakkallah kepada Allah Swt, insya Allah Dia akan mencukupkan keperluan kita. Sebagaimana dalam firmanNya (yang artinya): “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangkasangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS athThlaaq [65]: 2-3) Ayat ini adalah janji Allah Swt. Kita wajib mempercayainya. So, nggak usah galau atas 24 Nashiha Januari 2012

segala kesempitan dan kesusahan yang kamu hadapi. Takwa dan tawakkal kepada Allah Swt akan menentramkan pikiran dan perasaan kita. Tetap berdoa kepadaNya minta dimudahkan dalam segala urusan kehidupan kita. Insya Allah ada jalan keluarnya. Tips sederhana Bro en Sis, nih ada sedikit tips praktis yang insya Allah bisa membantu kamu ngilangin galau: Pertama, jangan putus asa. Benar sobat. Nggak perlu untuk putus asa. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya dalam hidup kita. Realistis saja. Ibarat dua sisi mata uang, kalo yang satu adalah kegagalan, maka sisi lainnya adalah keberhasilan. Jadi, masih ada kesempatan untuk mencobanya lagi. Maju terus pantang mundur dan jangan galau Kedua, belajar dari

kesalahan. Hidup ini penuh dinamika sobat. Kemarin kita boleh gagal. Tapi esok, jangan terulang lagi. Itu sebabnya, pelajari kenapa kita gagal. Mungkin ada kesalahan yang kita lakukan. Mending pelajari dan perbaiki kesalahan itu ketimbang ngumbar galaumu. Ketiga, galang dukungan. Nggak usah malu untuk meminta dukungan dari pihak lain. Apalagi jika kekuatannya bisa memperbaiki kegagalan dan kegalauan kita. Kita bisa lakukan itu untuk meningkatkan semangat dan kinerja kita. Jadi gandeng teman, ortu, guru dsb untuk membantu atasi kegalauanmu selama ini. Keempat, baca biografi orang yang sukses dalam hidupnya. Kamu bisa baca kisah para sahabat rasulullah saw., dan juga orang-orang sukses jaman kiwari. Siapa tahu bisa tambah bikin semangat. Cobalah. So, meski banyak generasi galau, don't follow. Sebaliknya, ajak mereka supaya nggak galau lagi. Caranya? Coba mulai dengan ngasih artikel gaulislam edisi ini dan ajak diskusi. Sip kan? [solihin | Twitter: @osolihin] sumber: osolihin.wordpress.com

Kertas putih bersih. Disarankan menggunakan kertas yang cukup lebar kira-kira ukuran A4. Jangan gunakan kertas bergaris karena akan mengganggu gambar yang Kamu buat Pensil, spidol warna-warni Kreativitas dan imajinasi Kamu Pada contoh berikut Muhammad Noer mencoba merangkum buku berjudul “The Ultimate Book of Mind Map” setebal 230 halaman karangan Tony Buzan. Maka langkah yang harus dilakukan adalah: Tulis judul di tengah-tengah kertas dan beri gambar yang sesuai untuk memudahkan mengingat judul tersebut. Buat cabang utama terkait topik tadi misalkan apa definisi mind map, bagaimana otak bekerja, apa itu kesuksesan, latihan apa yang bisa dilakukan dan bagaimana aplikasinya. Teruskan dengan membuat cabang-cabang utama lainnya dan gunakan warna berbeda. Ingat beri label setiap cabang hanya dengan kata kunci saja. Semakin sedikit semakin baik.

Kamu mencatat bukan untuk menghafal melainkan untuk memahami dengan bahasa Kamu sendiri. Selanjutnya dari tiap cabang buat sub cabang untuk hal-hal yang saling berhubungan. Gunakan garis-garis lengkung dan alur yang nyaman buat Kamu. Tidak ada aturan khusus dalam membuat mind mapping sebab Kamu-lah sang seniman. Jika ada hal-hal yang berhubungan pada sub yang berbeda, Kamu bisa menarik garis sebagai pengingat adanya kaitan antara kedua hal tersebut. Selesai Hasilnya dalam bentuk Mind Mapping di atas Dengan catatan ini Kamu akan dengan mudah mengingat ada lima pokok yang harus dibahas dalam buku tersebut. Dengan alur-alur yang diberi label kata kunci tertentu dan gambar Kamu dapat membayangkan dan memahami keseluruhan catatan yang Kamu buat tanpa harus menghafal. Menarik bukan? (sumber: Blog Muhammad Noer, Tehnik Mencatat Kreatif dengan MindMapping)

Nashiha Januari 2012 17


Dalam temuan terbaru menunjukkan, semakin dini seseorang menjalin cinta semakin besar risiko beban kejiwaan. Termasuk beresiko sakit hati, depresi bahkan sakit-sakitan. Penelitian yang ditulis dalam jurnal of Pain , peneliti dari Universitas de Montreal, University Hospital Center dan McGill University menemukan anak remaja yang mulai pacaran sejak usia dini lebih banyak mengalami sakit kepala, perut danpinggang. Mereka juga dilaporkan lebih banyak depresi dibandingkan rekan seusianya yang belum pacaran. Dr Isabelle tremblay, seorang peneliti dari Universite de Montreal serta Dr Michael Sullivan, seorang profesor psikologi dari McGill University telah melakukan studi untuk mengetahui pengaruh menjalin hubungan sejak dini terhadap kesehatan seseorang. sebanyak 382 pelajar remaja berumur rata-rata 12 hingga 17 tahun di Kanada direkrut sebagai partisipan penelitian. Mereka diminta untuk mengisi kuesioner tentang frekuensi dan intensitas mengalami gangguan emosi serta fisik dan juga usia awal mengenal cinta. Hasilnya, seseorang yang mengenal cinta lebih dini cenderung menjadi pribadi yang rapuh, sakitsakitan, merasa tidak aman danmudah depresi. "Gejala itu berkembang dari sejak masih masih kanakk a n a k , l a l u r e m a j a d a n a k h i r n y a ke t i k a d e w a s a , " u j a r S u l l i v a n s e p e r t i d i l a n s i r http://www.sciencedaily.comKamis, 26 November 2009 lalu. Peneliti belum sepenuhnya mengerti mengapa hal itu bisa terjadi. Namun, kesimpulan yang dinyatakan peneliti adalah, seseorang yang menjalin hubungan sejak dini, contohnya remaja, akan memiliki alarm rasa sakit yang lebih tinggi, terutama jika remaja itu menjalin hubungan yang buruk dengan pasangannya. Sementara itu, disisi lain, mereka yang belum menjalin cinta pada usia dini cenderung lebih ekspresif dan lebih banyak bersosialisasi dengan teman-teman lainnya tanpa harus sedih atau mengalami depresi. sumber: suarahidayatullah.com

berkesan dengan diulang-ulangnya hingga 31 kali ayat: Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban (“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”). Ayat ini diletakkan di akhir setiap ayat yang menjelaskan nikmat Allah Ta'ala yang diberikan kepada manusia. 'Seolah-olah' Allah Swt. mempertanyakan kepada kita: “NikmatKu yang mana yang kamu dustakan?” Jika kita sedang berhadapan dengan seseorang yang mempertanyakan dengan pertanyaan seperti itu kepada kita, rasanya kita akan takut ketika kita memang mendustakan pemberiaan orang tersebut. Apalagi di hadapan Allah Swt.? PertanyaanNya terasa sangat menghunjam dada kita. Sesak rasanya. Meski kita tak mendustakan nikmatNya, namun tetap saja ada rasa khawatir, “jangan-jangan banyak juga nikmat yang tak terasa yang kita lupa bersyukur kepadaNya, atau bahkan tak menganggapnya sebagai nikmat”. Kita pantas takut. So, nggak ada alasan untuk galau kan? Allah Swt. udah ngasih begitu banyak kenikmatan bagi kita. Ngapain juga kudu nulis status di facebook: “gue sedih, pacar ninggalin gue… ada racun serangga nggak ya?” Wedew! Cemen banget. Atau nge-twit gini: “Tuhan nggak adil, aku tak pernah bisa bahagia” Astaghfirullah. Ckckck.. jangan sampe kayak gitu Bro en Sis! Nggak boleh

18 Nashiha Januari 2012

berburuk sangka kepada Allah Swt. Lagian, ngapain juga nulis di facebook yang bisa dibaca ribuan teman kamu atau ribuan followermu di twitter, apakah ingin seluruh dunia tahu tentang kamu? Dulu waktu SMP saya punya buku harian, yang isinya hanya saya yang tahu. Keluh kesah tetap ada, tapi saya menguncinya dengan rapat di buku harian. Orang lain tak boleh tahu. Kalo sekarang? Hehehe.. facebook dan twitter udah jadi sarana penampungan dan publikasi galau kamu. Halah! ‘Curhat'sama Allah Swt. Sebagai orang yang beriman kepada Allah Swt., nggak pantes banget kalo kita berkeluh kesah, putus asa, dan mengumbar kegalauan kamu ke seantero penduduk bumi. Cukup Allah Ta'ala saja sebagai tempat kamu 'curhat'. Orang lain belum tentu bisa semuanya membantu kesulitanmu, tetapi Allah Swt. insya Allah pasti akan menolongmu. Jadi selalu ingat Allah di kala hatimu resah, gelisah, gundah gulana bin galau.

Kata Kamus: GALAU KBBI adjective 1. ber·ga·lau a sibuk beramairamai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran); ke·ga·lau·an n sifat (keadaan hal) galau Thesaurus galau a berat otak, bimbang, bingung, cemas, gelisah, hilang akal, kacau, karut, keruh, khawatir, kusut, nanar, pakau, resah, ribut, risau, semak hati, senewen, sesat pusat, terombang-ambing, was-was; menggalau v mencemaskan, mengacau, menggelisahkan, mengkhawatirkan, meresahkan, merungsingkan; kegalauan n kebingungan, kecemasan, kegelisahan, kekhawatiran, kepanikan, keresahan

Allah Swt berfirman: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS ar-Ra'd [13]: 28) Salah seorang ulama salaf berkata: “Sungguh kasihan orangorang yang cinta dunia, mereka (pada akhirnya) akan meninggalkan dunia ini, padahal mereka belum Nashiha Januari 2012 23


duniakita Bro en Sis rahimakumullah, alhamdulillah kita bisa jumpa lagi ya. Sobat muda muslim, termasuk yang lagi jadi sorotan saat ini, meskipun udah berbulan-bulan sih sebenarnya, adalah masih banyaknya di antara kamu yang hidupnya merasa 'galau'. Oya, istilah galau ini kalo nyari di internet jadi banyak macamnya (tergantung siapa yang menginginkan maksudnya): ada yang bilang galau adalah suatu keadaan ketika suasana hati menginginkan kebebasan, namun ada yang mengikat, nggak mau lepas. Ditemukan juga istilah galau adalah suatu keadaan dimana kita memikirkan suatu hal secara berlebihan, bingung apa yang harus dilakukan dengan suatu hal ini—dengan pikirannya sendiri sehingga menimbulkan efek emosi melabil, pikiran pusing, dan mendadak insomnia. Tapi kalo di Kamus Besar Bahasa Indonesia, galau itu artinya sibuk beramai-ramai, sangat ramai atau kacau tidak 22 Nashiha Januari 2012

karuan (pikirannya). Meski sedikit berbeda, tapi penampakan umum 'penderita' galau adalah sering resah dan suka mengeluh, masalah pribadi (sengaja) diumbar ke publik (via facebook atau twitter), self-centered alias kalo ngomong lebih banyak tentang “keakuannya”. Ckckck… kamu termasuk yang galau nggak nih? Pletak! #nepukjidat. Ya, kehidupan ini bagi orang-orang yang galau serasa sempit. Dunia tak lagi indah, nikmat hidup tak lagi terasa. Inginnya menumpahkan segala kesah dan keluh, menganggap bahwa dirinya paling menderita di seluruh dunia (BTW, lagu jadul Bang Hamdan ATT, “Termiskin di Dunia” bisa tersaingi nih! Hahaha!). Kamu yang merasa lagi galau karena putus cinta, galau dapat nilai fisika berbentuk sisir (maksudnya dapet nilai E alias nggak lulus) makin membuat hatimu remuk redam, wajahpun nggak karuan jadinya bagai pinang diinjek hansip. Hedeuuh, dunia bagimu ibarat altar penyiksaan paling kejam yang

pernah kamu rasakan, sehingga perlu memasang status di facebook: “Afgan mode on” alias SADIS. Hehehe… Mengapa harus galau? Bro en Sis, nggak cukupkah Allah Swt. ngasih nikmat buat kita? Nggak nyadar kalo kita udah diberi waktu untuk hidup? Saat kita bangun pagi, membaca doa, lalu berpikir sejenak: “Aku masih hidup, terima kasih ya Allah. Engkau telah memberikan kesempatan bagiku untuk menjemput karunia-Mu yang besar dan berlimpah di dunia ini”. Subhanallah, kalo semua remaja dan umat manusia ini berpikiran demikian, rasanya sedikit, atau malah nggak ada yang galau dalam hidupnya. Seberat apapun masalah yang dihadapi, nggak akan berkeluh kesah dan putus asa. Sebaliknya, akan kian semangat mencari solusinya dengan tetap mengharap ridho Allah. Rasa-rasanya di antara kaum muslimin umumnya sudah pernah membaca surat ar-Rahman. Ya, pasti akan

Thaharah atau bersuci menduduki masalah penting dalam syari`ah Islam. Boleh dikatakan bahwa tanpa adanya thaharah, ibadah kita kepada Allah SWT tidak akan diterima. Sebab beberapa ibadah utama mensyaratkan thaharah secara mutlak. Tanpa thaharah, ibadah tidak sah. Bila ibadah tidak sah, maka tidak akan diterima Allah. Kalau tidak diterima Allah, maka konsekuensinya adalah kesiasiaan. Pembagian Jenis Thaharah Kita bisa membagi thaharah secara umum menjadi dua macam pembagian yang besar. 1. Thaharah Hakiki Thaharah secara hakiki maksudnya adalah hal-hal yang terkait dengan kebersihan badan, pakain dan tempat shalat dari najis. Boleh dikatakan bahwa thaharah secara hakiki adalah terbebasnya seseorang dari najis. Seorang yang shalat dengan memakai pakaian yang ada noda darah atau air kencing, tidak sah shalatnya. Karena dia tidak

terbebas dari ketidaksucian secara hakiki. Thaharah secara hakiki bisa didapat dengan menghilangkan najis yang menempel, baik pada badan, pakaian atau tempat untuk melakukan ibadah ritual. Caranya bermacam-macam tergantung level kenajisannya. Bila najis itu ringan, cukup dengan memercikkan air saja, maka najis itu dianggap telah lenyap. Bila najis itu berat, harus dicuci dengan air 7 kali dan salah satunya dengan tanah. Bila najis itu pertengahan, disucikan dengan cara mencucinya dengan air biasa, hingga hilang warna najisnya. Dan juga hilang bau najisnya. Dan juga hilang rasa najisnya. 2. Thaharah Hukmi Sedangkan thaharah secara hukmi maksudnya adalah sucinya kita dari hadats, baik hadats kecil maupun hadats besar (kondisi janabah). Thaharah secara hukmi tidak terlihat kotornya secara pisik. Bahkan boleh jadi secara pisik tidak ada kotoran pada diri kita. Namun tidak adanya kotoran yang menempel pada diri kita, belum

tentu dipandang bersih secara hukum. Bersih secara hukum adalah kesucian secara ritual. Seorang yang tertidur batal wudhu`-nya, boleh jadi secara pisik tidak ada kotoran yang menimpanya. Namun dia wajib berthaharah ulang dengan cara berwudhu` bila ingin melakukan ibadah ritual tertentu seperti shalat, thawaf dan lainnya. Demikian pula dengan orang yang keluar mani. Meski dia telah mencuci maninya dengan bersih, lalu mengganti bajunya dengan yang baru, dia tetap belum dikatakan suci dari hadats besar hingga selesai dari mandi janabah. Jadi secara thaharah secara hukmi adalah kesucian secara ritual, dimana secara pisik memang tidak ada kotoran yang menempel, namun seolah-olah dirinya tidak suci untuk melakukan ritual ibadah. Thaharah secara hukmi dilakukan dengan berwudhu` atau mandi janabah.(bersambung) sumber: kampussyariah.com

Nashiha Januari 2012 19


Quran Tadabbur

Keburukan

Kalau begitu bukankah Allah tidak adil? Demikian banyak orang yang gagal bertanya didalam dirinya. Pahamilah ini: (Dia-lah) Yang membuat segala sesuatu yang dia ciptakan sebaik-baiknya dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah.

Mahasuci Allah yang menciptakan segala sesuatu dengan sebaik – baiknya dan menciptakan tiap milimeter dari tubuh ini dari tanah, demikian juga seluruh pada seluruh Bismillahirrahmanirrahiim manusia. Allah tidak menciptakan “keburukan” Ç ÊÈ , = ÿ 9 # >  / q ã & @ % dan membuat kita menderita karena nya. Dia Ç ÊÈ ¨ $ Y 9 # >  / q ã & @ % Ç Ë È ¨ $ Y 9 # 7 = B lah Allah yang menciptakan Kebaikan tanpa Ç Ë È , = { $ B Ž ° ` B cacat. Jika pun ada Keburukan, maka itu adalah Ç Í È ¨ $ Y ƒ : # ¨ # q ™ q 9 #  © ` B Ç Ì È ¨ $ Y 9 # m » 9 ) Ç Ì È = % r # ) , ™ % ñ Ž ° ` B r dalam NALAR dan RASA manusia semata.

Yang Kita Ciptakan

Ç Î È Z $ Y 9 # ‘ r ‰ ¹ † û ¨ q ™ q ƒ “ % !#

Ç Ï È ¨ $ Y 9 # r p Y f 9 # ` B DUA SURAH INI merupakan surah yang sering kita baca menjelang tidur atau saat ketakutan dan paling cepat dihafal selain Qulhu (Al Ihklas). Dua Surah ini disebut sebagai Al Muawwidzatain, atau dua surah yang menuntun pembacanya kepada tempat perlindungan atau memasukannya kedalam area perlindungan. Pertanyaannya sekarang Kita berlindung dari apa dan siapa yang melindungi kita jika kita masuk dalam area perlindungan itu? Pertanyaan pertama, Dari apa kita berlindung? Kedua surah itu menjelaskan bahwa kita berlindung dari: Asy Syar, Hal Buruk atau Membawa kepada keburukan yang merupakan lawan kata dari Khair (baik). Yang kita mohonkan adalah Hal yang buruk (yang telah/sedang terjadi) dan yang belum atau berpotensi terjadi pada diri.. 20 Nashiha Januari 2012

 © ` B r Ç Í È ‰ ) è 9 # † û M » V » ÿ Z 9 # Ç Î È ‰ ¡ m # ) ‰ ™ % n  © ` B r

Rasulullah berdoa: “Ya Allah kami bermohon perlindunganMU dari Keburukan diri kami dan kejelekan perbuatan kami” Maksudnya adalah keburukan itu ada yang disebabkan diri sendiri dan ada yang disebabkan perbuatan orang/makhluk lain yang dihasilkan oleh perbuatan kita padanya. Fokusnya adalah Asy Syar itu diri lah yang menciptakan (Maa Khalaq) walau kemudian seakan – akan terlahir dari perbuatan orang/makhluk lain atau bahkan yang seakanakan Allah hadirkan. Sekarang, bila kita 'rasanya' mengalami keburukan sejak lahir, apakah itu juga perbuatan kita? Misalnya Hidung pesek, kulit hitam, kaki sebelah kecil? Bukankah itu Allah yang menciptakan, dan bahkan kita gak punya pilihan untuk berbuat? Kalau begitu Apakah Allah juga menciptakan Kejahatan bagi diri ini?

Mengapa orang pesek harus merasa dirinya buruk? Karena dia menganggap bahwa mancung itu baik. Padahal pesek dan mancung, dua – duanya dari tanah. Mengapa orang kulit hitam itu terlihat lebih jelek dari pada kulit kuning langsat? Karena pikiran kita sudah terkena penyakit Iklan Pemutih, padahal keduanya berasal dari tanah. Mengapa Orang berkaki dua lebih hebat dari yang tidak punya kaki? Karena dalam otak kita tertanam berkaki dua begitu sempurna, namun coba bayangkan apabila Manusia diciptakan Allah; kebanyakan tanpa kaki, apakah manusia berkaki dua adalah sempurna, TIDAK, dia adalah orang cacat. Keburukan adalah Masalah Persepsi kita, dan bukanlah berasal dari Allah. Salah satu Akhlak tertinggi kepada Allah kata Imam Al Ghazali adalah berprasangka baik kepada perbuatan Allah. Maka Nabi Musa berkata : “apabila aku sakit” sakit adalah hasil dari perbuatan manusia “maka Dia yang menyembuhkan ku” Kesembuhan, kebaikan adalah ciptaan Allah.(QS. Asy Syuara:80) Jadi, sesungguhnya kita berlindung dari keburukan yang telah dan akan terjadi, karena

keburukan itu seperti borok luka bernanah, bila tidak dibersihkan maka dia akan terus menerus membawa keburukan/infeksi. Dari mana saja biasanya keburukan berpotensi datang: Surah Al Falaq memberi tahu kita: Dari kejahatan makhluk-Nya yaitu diri kita sendiri, Dan dari kejahatan (yang terjadi pada) malam apabila Telah gelap gulita, Dan dari kejahatan wanita-wanita dan laki – laki para tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, Dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki." An Nas menambahkan: Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, Dari (golongan) jin dan manusia. Maka jika demikian Hebatnya kejahatan yang kita tidak mampu memberi perlindungan diri kita terhadapnya sendirian, maka kepada siapa kah kita minta dilindungi? Allah. Allah sang pemilik kegelapan dan cahaya (QS.6:1), Rabb, pengatur apa saja yang terbelah, Malam yang dibelahNya dengan cahaya Fajar, Sakit Keras dibelahNya dengan kuasa Kesembuhan, Hutang dibelahNya dengan kelunasan, gelapnya kebodohan dibelah Nya dengan terang benderang ilmu. Allah, Rabb yang maha mengatur kesulitan yang kita rasakan, keburukan yang kita nalari. Dia lah raja Manusia, pemegang hati dan yang Maha membolak balikannya, Dia yang Maha lebih kuat dari semua orang yang berkonspirasi menjatuhkan kemuliaan manusiawi kita. Yang semua jiwa manusia bersandar penuh pada kuasa Nya. Yang setiap manusia sadar tak sadar menyembah pada Dia dan patuh pada ketetapannya. Pada Dia lah kita menyembah dan memohon pertolongan. Dan dalam lingkaran perlindungan Nya lah kita berlindung dari kejahatan yang begitu hebat, karena Dia Maha lebih hebat. Wa Allahu alam. Nashiha Januari 2012 21


Mulai dari Pikiran Berbuah Tindakan Lahir (lagi) sebuah Gerakan Motivasi dan Inspirasi dalam Ruang bergelar Pusat Pembelajaran Nashiha bila Majelis Nashiha terlalu Wah bila Lingkar Nashiha masih mimpi Maka Pusat Pembelajaran Nashiha adalah tindak Nyata tanpa kata pembuka

Belajar

Asyik

ing

app Mind M

Nashihapedia

Sehat tanpa Pacaran TadabburQuran

+

10 Cara Berprestasi di sekolah

DuniaKita

Galau don’t Follow Nashiha Islamic Class Motivasi?Tarbiyah Islamiyah?JustspeakingŽ Maksimal 10 Orang Santri dengan satu Tutor Metode Pembelajaran Lets Grow Learning Pendampingan Pribadi

3x Seminggu (reguler-Sore) 4x Seminggu (Khusus-Malam)

Penerbitan dan Percetakan NASHIHA MEDIA

saatnya

cinta

Membantu untuk Mempersiapkan Menerbitkan dan Mencetak dari mulai Brosur, buletin, majalah hingga Buku untuk Pribadi, Komunitas dan sekolah

bersemi

untuk mu bacanashiha.wall.fm

edisi 9/III/Januari/2012

Nashiha 9  

Januari 2012