Issuu on Google+

Cara merubah background gambar/photo Merubah atau mengedit tampilan sebuah photo/gambar/tampilan teks di komputer untuk berbagai keperluan, kita memerlukan sebuah program , Adobe Photoshop merupakan program yang powerfull sebagai program pengolah gambar/tampilan teks yang bisa kita lihat hasilnya di koran - koran, majalah, halaman web, baliho, dll.

1. Buka foto pemandangan sebagai background dan foto si"orang" yang akan kita rubah. Gambar dibawah merupakan foto air terjun yang kita jadikan background.


2. Pada gambar si "orang", klik Polygonal Lasso Tool (L) pada Toolbar, kemudian crop gambar si orang. Setelah itu tekan Ctrl - X untuk memisahkan gambar si orang dari backgroungnya.

3. Kemudian pada jendela air terjun, tekan Ctrl-V untuk mempaste gambar si orang. Atur dan sesuaikan besar kecilnya gambar si Orang dengan background air terjun dengan cara tekan Ctrl-T.


4. Langkah selanjutnya memberikan efek bayangan si Orang di air. Buat duplicate layer dari layer si Orang. Kemudian Ctrl-T lalu klik kanan di dalam ruang gambar terseleksi dan klik Flip Vertikal.


5. Atur posisi duplicate layer dengan menggeser ke bawah, kemudian gunakan "Smudge Tool (R)" untuk membuat bayangan sesuai daya kreatif kita. Pada Opacity geser hingga 49 %.

Selesai sudah cara merubah back ground photo dan hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini walau pun masih blepotan hasilnya maklum masih belajar dan saya kerjakan secepat mungkin asal jadi saja hehehe...dan kepada pembaca yang ahli di bidang edit meng'edit photo/gambar dengan program Adobe Photoshop, saya tunggu sharing ilmu nya terima kasih .


Efek Teks Mengkilap dengan Photoshop / Slick Glossy Text Effect

Pada tutorial ini, kita akan coba memberikan Efek Lapisan Mengkilap atau Slick Glossy Effect pada teks dengan Photoshop. Hasilnya dapat dilihat pada gambar diatas. Anda dapat merubah tulisan ataupun warna dalam tutorial ini sesuka anda. Tapi, untuk mencoba tidak ada salahnya mengikuti apa yang saya dituliskan disini. Yuk, langsung buka program Adobe Photoshop anda dan ikuti tutorialnya. Cara membuat teks dengan lapisan mengkilap / Slick Glossy Text Effect


Langkah 1 : Buat dokument baru dengan background putih ukuran 800Ă—200 pixels (Ctrl+N). Sekarang kita akan mengatur settingan untuk teks yang akan dipakai. Pada menu utama, klik Window > Character, lalu atur sesuai gambar dibawah ini:

Setelah diatur, klik Type Tool untuk membuat suatu teks, dan atur letak teks agar berada ditengah dengan Move Tool.

Hasil sementara seperti ini (pada tutorial ini saya memakai font Impact) :

Langkah 2 : Buat layer baru (Ctrl+Shift+N), lalu beri nama ‘Lapisan’. Pada layer ini kita akan membuat sebuah lapisan menggunakan Elliptical Marque Tool.


Buat sebuah bentuk elips untuk membuat bagian yang mengkilap, caranya klik dan tahan kursor pada kanvas lalu tarik agar membentuk sebuah elips, seperti gambar dibawah ini:

Langkah 3 : Pastikan layer ‘Lapisan’ masih aktif. Dan, ubah warna foreground menjadi putih (#ffffff).

Lalu, klik Paint Bucket Tool

Isi bagian elips yang tadi kita buat dengan mengklik pada bagian dalam elips. Lalu, arahkan mouse pada pada lambang T dan tekan Ctrl lalu klik dalam kotak lambang T, seperti gambar dibawah ini :


Hasilnya akan seperti ini :

Langkah 4 : Pada menu utama, pilih Select > Inverse atau tekan Shift+Ctrl+I, lalu tekan Ctrl+X. Hasil sementara akan seperti ini :

Kita akan memberikan Layer Style di layer ‘Lapisan’. Caranya, klik kanan pada layer ‘Lapisan’ pilih Blending Options, lalu pilih Gradient Overlay, dan setting nilainya seperti dibawah ini, setelah selesai tekan OK. Blend Mode = Normal Opacity = 100% Gradient = Foreground to Transparent (Pilih kotak kedua dari kiri atas) Style = Linear Angle = -90 (min 90) Scale = 150%


Masih pada layer ‘Lapisan’ kita ubah Fill nya menjadi 30%.

Hasil sementara akan seperti ini :

Langkah 5 : Untuk memperjelas efek glossy-nya kita tambahkan style Stroke. Caranya, klik kanan pada layer ‘Slick Glossy’ pilih Blending Options lalu pilih Stroke. Dan setting nilainya seperti ini : Size = 2 px Position = Center Blend Mode = Normal Opacity = 100% Color = # fb999a ( Untuk merubah warna, klik pada kotak warna, lalu akan muncul Color Picker, ubah kode pada kotak yang ada symbol # ). Dan hasil akhirnya akan seperti ini :


Anda dapat menambahkan style-style lainnya pada Blending Options, seperti Drop Shadow, Inner Shadow, Outer Glow, Inner Glow, Bevel and Emboss dll.


Tutorial Photoshop