Page 1

Handout PENTINGNYA KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA Pendahuluan Keselamatan kerja dan kesehatan kerja sangat penting untuk diketahui dan dipelajari, belakangan ini sering terjadi kecelakaan kerja yang bisa mengakibatkan cacat fisik baik dalam waktu tertentu atau bahkan cacat permanen. Banyak penyebab kecelakaan yang seharusnya bisa diminimalisir apabila kita mengatahui sebab dan akibatnya dan juga ketika kita melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan prosedur operasional yang benar.

Tugas Sebagai calon teknisi yang baik anda harus memahami prosedur-prosedur keselamatan kerja sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Negara kita, untuk memberikan pengetahuan yang lebih maka anda dan kelompok anda ditugaskan untuk mencari kasuskasus kecelakaan kerja yang terjadi di lapangan serta mencari data mengapa kecelakan kerja dapat terjadi, apa saja yang termasuk alat keselamatan kerja, bagaimana mencegah terjadinya kecelakaan kerja serta bagaimana bekerja sesuai standar operasional. Anda diminta mengumpulkan data dan dipresentasikan di depan kelas dalam bentuk power point. Selamat mengerjakan semoga suskes.

Proses Pada tugas melihat kasus-kasus kecelakaan kerja dilingkungan anda, masing masing anggota kelompok akan mendapatkan pekerjaan yang berbeda.Setelah melakukan studi kasus untuk pekerjaan yang telah disediakan, anda akan menyampaikan laporan masingmasing individu pada anggota kelompok yang lain dan masing-masing kelompok akan mempresentasikannya di depan kelas.Juga kelompok anda akan membuat power point untuk menjelaskan informasi yang telah diperoleh. Kelas anda akan dibagi menjadi empat kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari delapan orang siswa.

Penilaian 1. Keakuratan informasi yang di dapat 2. Kerja tim 3. Hasil presentasi 4. Penyajian power point


Keterangan untuk masing-masing kelompok : 1. Kelompok 1 (mengapa kecelakaan kerja dapat terjadi? ) a. Mencari penyebab terjadinya kecelakaan kerja b. Melihat contoh kecelakaan kerja 2. Kelompok 2 (apa sajakah yang termasuk alat keselamatan kerja?) a. Mencari fungsi alat-alat keselamatan kerja b. Menjabarkan cara pemakaian alat keselamatan kerja c. Memotretalatalat keselamaatan kerja 3. Kelompok 3 (bagaiamanakah cara mencegah terjadinya kecelakaan kerja?) a. Mengamati pekerja di lingkungan kerja b. Wawancara terhadap pekerja 4. Kelompok 4 (bagaimanakah cara bekerja sesuai prosedur operasional?) a. Menyajikan tentang undang-undang keselamatan kerja b. Wawancara terhadap pekerja Sumber acuan yang digunakan : 1. Buku perpustakaan 2. Website yang ada di edmodo

Handout  

tugas k3