Issuu on Google+


SAMBUTAN KETUA IMKU Assalamu’alaikum wr wb. Salam sejahtera untuk kita semua. Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas berkah dan rahmat-Nya kita masih dapat berkumpul pada hari ini. Segala puji hanya untuk Allah SWT, pada kesempatan ini kita berkumpul dalam kegiatan Masa Bimbingan Ikatan Mahasiswa Kedokteran FK Untan yang diikuti oleh mahasiswa baru program studi pendidikan

Bambang Aditya Rahmadani Ketua IMKU

dokter angkatan 2016. Kegiatan masa bimbingan merupakan suatu rangkaian kegiatan yang terdiri atas “Mendenal Dunia Kampus atau sering disingkat dengan MEDIKA, dan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa atau LKMM�. Kegiatan masa bimbingan ini merupakan satu diantara kegiatan pengenalan kehidupan kampus khususnya di program studi pendidikan dokter kepada mahasiswa baru, kegiatan yang tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan kehidupan kampus tetapi juga sebagai kegiatan yang akan mempersiapkan dan membekali adik-adik PSPD 2016 sebagai calon pemimpin untuk masa yang akan datang serta sebagai bekal di kehidupan bermasyarakat setelah lulus nanti. Adanya kegiatan masa bimbingan ini diharapkan bahwa adik-adik 2016 dapat siap dan terbiasa dengan kehidupan seorang mahasiswa, dimana mahasiswa dituntut untuk mandiri, kreatif, tangguh dan siap mental untuk terjun ke masyarakat sebagai bentuk perwujudan ilmu yang didapatkan selama dibangku kuliah. Ikutilah rangkaian masa bimbingan dengan hati yang ikhlas, pikiran yang positif dan semangat belajar, ambil ilmu dan pengalaman-pengalaman yang diberikan sebagai motivasi dan inspirasi untuk terus berkembang menjadi diri yang bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun lingkungan. Demikianlah kata sambutan yang dapat saya berikan semoga adik-adik 2016 kelak setelah menjalani proses bimbingan dapat menjadi mahasiswa yang mandiri, kreatif, tangguh dan siap mental serta dapat memberikan manfaat kepada lingkugan sekitar. Wassalamu’alaikum wr wb. HIDUP MAHASISWA !!!


SAMBUTAN KEPALA DEPARTEMEN PSDMO Assalamu’alaikum wr wb. Semangat Pagi! Salam hangat untuk seluruh rekan dan calon anggota IMKU yang saya banggakan. Alhamdulillahirabbil’alamin kita telah berada di jalan perjuangan. Selamat untuk adik-adik yang telah berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan mampu berkompetisi hingga adik-adik dapat menimba ilmu di kampus putih ini, selamat berjuang.

Agil Wahyu Pangestuputra KADEP PSDMO

Perjuangan yang akan kita hadapi bukanlah perjuangan yang mudah, kita melalui tahapan yang sama dalam berjuang hingga kami lebih dahulu berada di titik ini. Kita meneruskan perjuangan para senior kita yang telah bersusah payah membangun organisasi sambil mengukir prestasi demi almamater kita. Tentunya, kami tidak ingin terhenti di tahun ini. Timbullah kalian sebagai harapan baru penerus perjuangan, harapan baru untuk penerang almamater, sang pemahat nama besar Universitas Tanjungpura dan IMKU yang kita cintai ini. Kami berkewajiban untuk mendidik dan membina adik-adik dan kalian punya hak untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya ilmu dan pengalaman dari para senior adik-adik. Mabim menjadi jalan bagi adik-adik untuk mampu membangun kekeluargaan dan solidaritas mahasiswa kedokteran, serta permulaan tali kesejawatan dokter di antara kita. Semoga adik-adik mampu menjawab kepercayaan dan harapan kami. Berjuanglah dan ukir prestasi sebanyak-banyaknya, Allah S.W.T selalu bersama orang-orang yang berjuang dalam kebenaran. HIDUP MAHASISWA! HIDUP RAKYAT INDONESIA!


SAMBUTAN KETUA PELAKSANA MABIM Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera untuk kita semua. Kegiatan masa bimbingan merupakan suatu agenda wajib yang diikuti oleh mahasiswa baru program studi pendidikan dokter dalam menyesuaikan diri untuk menempuh pendidikan kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Kegiatan ini berlandaskan Pancasila, AD-ART-GBHO Ikatan

Herwandi Ketua Pelaksana Mabim

Mahasiswa Kedokteran Universitas Tanjungpura dengan beberapa cakupan yang akan di berikan dari Mengenal Dunia Kampus (Medika), Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM), dan IMKU Muda serta tambahan softskill Design (SOD), Pengabdian Masyarakat (SOCH) dan Kemampuan Kajian Advokasi dan Strategis (SOK). Semua itu kita harapkan dapat menjadi bekal mahasiswa baru 2016 dalam menempuh pendidikan kedokteran serta menjadi dokter yang ideal sesuai kebutuhan masyarakat dalam pengabdiannya kelak. Mungkin banyak yang heran sekaligus masih bertanya-tanya kenapa harus ada kaderisasi dalam setiap organisasi. Baik itu di organisasi-organisasi di kampus ataupun organisasi kemasyarakatan pasti memiliki satu bagian yang mengurus kaderisasi. Apa sebegitu pentingnya kaderisasi untuk organisasi?? Kaderisasi bisa diibaratkan sebagai jantungnya dalam sebuah organisasi, tanpa adanya kaderisasi rasanya sulit dibayangkan suatu organisasi mampu bergerak maju dan dinamis. Hal ini karena kaderisasilah yang menciptakan pemimpin-pemimpin baru yang nantinya memegang tongkat estafet perjuangan organisasi. Kaderisasi berusaha menciptakan kader yang bukan hanya hebat dalam mengerjakan suatu program, tapi lebih dari itu. Kaderisasi haruslah mampu menciptakan kader yang memiliki jiwa pemimpin, memiliki emosi yang terkontrol, kreatif dan mampu menjadi pemberi solusi untuk setiap permasalahan, harus memiliki mental yang kuat dan yang terpenting dapat menjadi seorang teladan bagi anggotanya. Dalam proses kaderisasi ada dua ikon penting, yaitu Pelaku Kaderisasi (Subjek) dan Sasaran Kaderisasi (Objek).


Bung Hatta mengatakan mengenai kaderisasi, “Bahwa kaderisasi sama artinya dengan menanam bibit. Untuk menghasilkan pemimpin bangsa di masa depan, pemimpin pasa masanya harus menanam�. Demikianlah kata sambutan dari saya selaku ketua pelaksana dari kegiatan ini. Semoga adik-adik mahasiswa 2016 dapat melaksanakan kegiatan masa bimbingan ini sesuai dengan slogan kita yaitu SATU-DUA (Santun, Amanah, Tegas, Bermutu – Disiplin, Tangguh, Mandiri,). Sekian dari saya. Terima kasih. HIDUP MAHASISWA!!!!


LEGALITAS


MABIM Masa bimbingan (Mabim) ini merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh Ikatan Mahasiswa Kedokteran Untan (IMKU) yang merupakan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (FK Untan). Mabim ini bertujuan sebagai kegiatan bimbingan yang di dalamnya berisi pelatihan dan pembinaan karakter, yang mana kegiatan ini ditujukan kepada para mahasiswa baru PSPD FK Untan. Setiap mahasiswa baru akan mengalami masa penyesuaian dari siswa menjadi mahasiswa. Sehingga diperlukan bimbingan dan tuntunan dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang baru sebagai seorang mahasiswa, baik dalam hal akademis maupun nonakademis dan juga pemahaman kepada mahasiswa akan pentingnya menjaga nilai-nilai luhur kemahasiswaan. Mabim ini terdiri dari dua rangkaian, yaitu Medika (Mengenal Dunia Kampus) dan LKMM (Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa). Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah awal dari penyesuaian diri, pelatihan dan pembinaan karakter untuk menghadapi lingkungan dan tuntutan masyarakat yang akan datang. Bentuk Kegiatan 1.

Pembelajaran satu arah

: pembelajaran satu arah merupakan pembelajaran bagi

mahasiswa baru melalui mentoring, bidang keamanan dan kedisiplinan, maupun pemateri yang berkaitan dalam menyampaikan materi yang diperlukan bagi peserta. Peserta juga diwajibkan untuk membaca al-quran atau kitab yang sesuai dengan agamanya masing-masing. 2.

Pembelajaran dua arah : pembelajaran dua arah ini dilakukan melalui proses diskusi kelompok, diskusi dengan mentor dan fasilitator, tanya jawab dengan pemateri, dan kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya multi-direksi.

3.

Games

: permainan menjadi salah satu metode pembelajaran yang

bertujuan untuk bounding angkatan. Sehingga, peserta akan menyatu satu sama lain baik intra angkatan itu sendiri maupun dengan warga kampus lainnya. 4.

Penugasan

: penugasan sebagai cara mawas diri bagi peserta

sebagai bentuk hukuman maupun sebagai bentuk peningkatan kualitas diri dari para peserta.


ANGGARAN DANA Pemasukan : 1. IMKU 2. Peserta (@85,000 x 77)

: 500,000 : 6,545,000

Alokasi dana : 1. 2. 3. 4. 5. 6.

Atribut peserta (@25,000) Pemateri Sertifikat (@4,500) Alokasi kesehatan Alokasi outbond + LKMM Award

: 1,925,000 : 850,000 : 346,500 : 530,000 : 2,893,500 : 500,000


Muatan Mabim Medika

LKMM


SoCH Memberikan pelatihan kepada mahasiswa tentang pengabdian masyarakat terutama perannya sebagai mahasiswa kesehatan, penyakit tidak menular, pelatihan pemeriksaan tanda-tanda vital, tatacara anamnesis yang baik dan benar, dan pengenalan daerah binaan IMKU

SoD Memberikan pelatihan soft-skill kepada mahasiswa tentang desain grafis di antaranya adalah Pengenalan dan Workshop Adobe Illustrator, mengenal tipografi dan Fotografi, hal ini ditujukan untuk mempersiapkan mahasiswa yang sadar akan kemajuan teknologi informasi melalui desain grafis.

SoK Memberikan pemahaman kepada peserta mengenai kajian strategis yang diantaranya mengenai: 1. Overview: Memperkenalkan pentingnya kastrat dalam organisasi. 2. Optimalisasi peran dan fungsi kastrat sebagai think tank dalam pergerakan mahasiswa: Memperkenalkan bidang kastrat kepada peserta sebagai struktur penting dalam pergerakan mahasiswa. 3. Pola Pikir Kastrat: a. Merubah pola pikir mahasiswa, menjadi lebih ilmiah dan sistematis b. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam mengkaji suatu permasalahan. 4. Membuka wawasan kepedulian terhadap kondisi dan lingkungan: a. Penanaman rasa kepekaan dan kepedulian sosial b. Menumbuhkan semangat juang mahasiswa dalam membela ketertindasan dan menegakkan keadilan berdasarkan pancasila c. Memaparkan peran pola pikir kastrat dalam membantu penyelesaian permasalahan yang ada 5. Manajemen Isu - Teknik Membuat Kajian: a. Memberikan penjelasan mengenai manajemen isu b. Memotivasi mahasiswa untuk melakukan berpikir kritis dan konstruktif. c. Memperkenalkan trias tradition yaitu membaca, menulis dan berdiskusi melalui sistim pengkajian suatu permasalahan.


6. Manajemen Wacana Publik (propaganda): a. Memberikan penjelasan tentang manajemen wacana publik. b. Menjelaskan teknik komunikasi massa (propaganda) 7. Advokasi dan Negoisasi: a. Memperkenalkan mekanisme advokasi profesionalisme, kebijakan perguruan tinggi, kesehatan dan organisasi kemahasiswaan. b. Memperkenalkan tentang cara bernegosiasi atau proses lobbying yang efektif dan efisien 8. Manajemen Aksi: a. Memberikan penjelasan mengenai manajemen aksi. b. Memberikan penjelasan mengenai cara-cara memulai sebuah aksi, komando, manajemen massa, perijinan aksi, dan hal lain yang terkait c. Memotivasi mahasiswa untuk melakukan sebuah aksi jika memang diperlukan demi terwujudnya suatu perubahan. 9. Simulasi Aksi


Kontrak Belajar Peserta Mabim

1. Wajib menjaga nama baik Universitas Tanjungpura dan Fakultas Kedokteran 2. Berpakaian sesuai aturan akademik dan menjaga kerapian penampilan 3. Wajib menggunakan nametag sebagai tanda pengenal selama berlangsungnya jadwal akademik. 4. Wajib menghadiri setiap kegiatan yang ditetapkan panitia, melanggar dikenakan tugas : menulis essay tentang kegiatan 1 materi 1 halaman polio bergaris dan mengerjakan 3 sanksi pada point 6. 5. Semua mahasiswa angkatan 2016 wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan MABIM kecuali sakit disertai surat keterangan dokter jika melanggar satu angkatan diwajibkan buat senam pada hari minggu diparkiran FK. 6. Setiap peserta wajib mengikuti kegiatan tepat waktu sesuai yang ditetapkan panitia, melanggar di beri tugas : a. Menulis 20 bagian anatomi lalu menghafal dan menjelaskannya. b. Menulis satu topik fisiologis lalu menghafal dan menjelaskannya. c. Menulis 2 mekanisme kerja obat lalu menghafal dan menjelaskannya . Keterangan : Terlambat 10 menit pertama mengerjakan poin a Terlambat 10 menit kedua mengerjakan poin a,b Terlambat 10 menit ketiga mengerjakan poin a,b,c Sakit mengerjakan essay Izin mengerjakan essay dan mengerjakan poin a,b

7. Menerapkan 7S (senyum, sapa, salam, sopan, santun, semangat, dan sigap) kepada seluruh warga kampus. 8. Dilarang membawa barang-barang di luar ketentuan panitia 9. Menggunakan pakaian yang telah ditentukan : a. Atasan : baju peserta pmb, yang muslim memakai jilbab warna hitam, yang non muslim rambut diikat.

b. Bawahan : celana kain hitam (laki-laki), rok kain panjang hitam hingga mata kaki (perempuan)

c. Menggunakan kaos kaki


d. Sepatu : kets hitam (dominan hitam) 10. Wajib mengisi buku rekam medis. 11. Wajib memahami dan menaati tata tertib belajar. 12. Mematuhi semua peraturan yang ditetapkan oleh panitia. 13. Semua aturan yang belum tertulis atau ditetapkan akan diatur sesuai kondisi.


Mekanisme Perizinan Bagi peserta yang berhalangan untuk mengikuti setiap rangkaian kegiatan MABIM 2016, wajib melaporkan ketidakhadirannya langsung ke Bidang Koordinator Kedisiplinan dan Keamanan serta memberikan penjelasan yang jelas mengenai alasan untuk ketidakhadirannya. Sesuai isi Tata Tertib Peserta Masa Bimbingan 2016/2017 Nomor 5, bagi yang berhalangan hadir dikarenakan sakit, maka perizinan harus disertai surat keterangan dokter.


Pembagian Kelompok Kelompok 1 Erik Ahmad Hasyim (PSPD 2014) Frederick Putra W

Kelompok 2 Afifah Kartikasari (PSPD 2015) M. Afia Akbar P

Kelompok 3 Budi Hartono (PSPD 2014) M. Ibnu Nazari

Kelompok 4 Meiza Ihsan F. (PSPD 2014) Riki Vernando

Kelompok 5 Ariski Pratama Johan (PSPD 2014) Fajar Surya

Tomi

M. Yunus

Raditia Tri P

Teguh Rinjaya

Edi Kurniadi

M. Wildan Refaldi

Giovanni Lawira

Patrio Victorianus B

Irfan Fathurrahman

Willy Sanjaya

Dhessy Susanto

Anggini Putri

Nanda Eka Putri

Vivi Yanthi

Khairunnisa

Solideo Gloria Tering

Adinda Rabiattun Adawiah

Shafira Kurnia Warianti

Novta Rouli Sihombing

Rosa

Ajeng Trinanda

Amalia Putri. S

Syafa Istiqomah

Yessi Yulia Magdalina

Florentina Vina

Wenny Tri Rahmawati

Rachel Dhea Aprila

Hesti Ratna Pratiwi Firgina Presirina Linthin

Selma Diah Perwita Sari Kelompok 6 Baskara Zhafran R. (PSPD 2014) Prayoga Kurniawan

Rosy Yohana

Nurani Takwim

Monica Meilany Gultom Kelompok 9 Rahmad Rahmadhani (PSPD 2014) Agung Prasetyo

Haryani Tya Arini Kelompok 10 M. Hamam Faishal F. (PSPD 2014)

Candra Kurniawan

Zulfikar Dwi Kiswahyu Nindo

Ghina Tsamara

Rita Noviana

Ririh Cintya Anjani

Michela Hengrawi Harianto Dewi Sapitri

Erica Sugandi

Ra'ida Afiffa Aurelia Shafira

Nurul Fachriani

Dita Rahma Sumarna

Mitha Arsita

Hijriya Mairani

Dwi Ayu Wulandari

Trifosa Pujaningtyas Baye

Tasha Salsabila

Saskya Maulidya Astari

Kelompok 7 Makmur Sejati (PSPD 2014) Heri Irawan

M. Thariq Alkadrie

Endang Muhammad Fikri S.

Syarif Muhammad Lukmanul Dellaneira Ananda

Baltasar Lawferino Rully Christy Yella Harianja

Nurcahyati Yusmia Putri Maisara Safitri

Safira Sukma Dewinda Amalia Betari

Khusnul Wasilah

Musfiroh

Poetry Lilian Nethania

Jesicha Rizkita

Kelompok 8 Luthfi Putra Suseno (PSPD 2015) Andri Muhrim Siddiq Sembodho Edi Kurniawan

Indah Ayu Putri

Dede Apreli


Manfaat dan Konsekuensi 1. Mahasiswa baru angkatan 2016 memahami bahwa tugas mereka bukan hanya belajar di kampus, tetapi mereka juga punya kewajiban mengabdi pada masyarakat dan saling bekerja sama sesama rekan sejawat. 2. Sebagai ajang saling mengenal dan mengakrabkan diri antara mahasiswa baru angkatan 2015 dan mahasiswa senior angkatan 2005 sampai 2016. 3. Menjalankan alur kaderisasi organisasi kemahasiswaan. 4. Mendukung pembinaan keilmuan yang dilakukan oleh pihak prodi dengan pembinaan sikap dan perilaku mahasiswa kedokteran. 5. Memberi pemahaman tentang dunia kedokteran dalam kaitannya denganmasyarakat. 6. Terwujudnya suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. 7. Menjadi wahana pengembangan diri bagi mahasiswa baru 8. Manfaat-manfaat lain yang didapat melalui pribadi masing-masing mahasiswa baru.

Apabila mahasiswa baru 2016 tidak lulus kaderisasi, maka mahasiswa bersangkutan tidak dapat menjadi anggota IMKU dan tidak menerima hak-hak yang didapatkan oleh anggota IMKU



Handbook peserta