Issuu on Google+

Kunjungan Industri Created by:Afrilia Tri Lestari

SMKN 1 DEPOK


MAKALAH KUNJUNGAN INDUSTRI JOGJAKARTA-BALI TAHUN 2014-2015

Nama : Afrilia Tri Lestari Kelas : X RPL 2 Tugas : Makalah kunjungan industri

1


BAB 1 I.Pendahuluan Assalammualaikum WR.WB Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat allah SWT karena dengan rahmat dan berkat limpahan nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan sebuah makalah yang di observasi langsung ketempatnya yang ada di jogjakarta dan bali selama satu minggu ini. Karena sangat pentingnya makalah ini sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh bapa dan ibu guru kami dari observasi kunjungan industri kami di daerah jogjakarta dan bali selama seminggu kemarin. Namun penyusun makalah ini sepenuhnya masih terlalu jauh dari kesempurnaan serta masih ada kesalahan dan kekeliruan dalam menuliskan saya mohon maaf Semoga tulisan sederhana makalah ini dapat bermanfaat dan jika ada kata yang tidak berkenan mohon dimaafkan.

2


Daftar Isi Halaman

Kata Pengantar...................................................................

2

Daftar Isi.............................................................................

3

Bab I Pendahuluan.............................................................

4

1.1 Latar Belakang......................................................

4

1.2 Maksud Tujuan....................................................

4

1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan...........................

4

Bab II Profil Kunjungan........................................................

5

1.AKRB Yogyakarta.....................................................

5

2.Pemkab Jembrana....................................................

9

Bab III Penutup....................................................................

11

1.1 Kesimpulan............................................................

11

1.2 Saran.....................................................................

11

1.3 Lampiran................................................................

12

3


1.1 Latar Belakang Latar belakang saya membuat makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas dan sebagai penambah nilai. Dan semoga laporan ini dapat bermanfaat untuk banyak orang yang membaca makalah ini mengenai kunjugan industri dan daerah-daerah wisata yang saya kunjungi di jogja dan bali.

I.2 Maksud dan Tujuan Maksud tujuan kami melakukan kunjungan industri adalah 1.Menambah wawasan tentang berbagai macam teknologi. 2.Menambah ilmu pengetahuan tentang berbagai teknologi komunikasi dan informasi. 3.Lebih meningkatkan pemahaman tentang dunia kerja.

I.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kunjungan industri dengan tujuan jojakarta-bali dilakukan pada tanggal 20-27 april 2014.kami berkumpul di RPH(Rumah Pemotongan Hewan) pukul 13.00 wib. Kunjungan Industri Pertama: ďƒź 21 April 2014 : AKRB Yogyakarta Jl.Rig Road Utara,Yogyakarta AMIKOM.

kampus

STMIK

Kunjungan Industri Kedua: ďƒź 23 April 2014 : Pemkab Jembrana (SMKN 3) 4


BAB II I.AKRB YOGYAKARTA(Akademi Binatama).

Komunikasi

Radya

Akademi Komunikasi Radya Binatama(AKRB) adalah perguruan tinggi yang dipercaya pemerintah berdasarkan SK.Dirjen Dikti No.3982/D/T/K-V/2010 dan telah terakreditasi BAN PT dengan SK.BAN PT NO.149/SK/BAN-PT/AK-XIII/VI/2013 untuk mencetak SDM siap kerja bidang komunikasi yang saat in banyak dibutuhkan industri media dan kreatif.AKRB dikelola oleh manajemen AMIKOM group yang memiliki 6 perguruan tinggi swasta unggulan,stasiun televisi RBTV,stasiun radio dan berbagai unit usaha lainnya yang dapat digunakan mahasiswa untuk tempat praktek(magang).

5


KEUNGGULAN AKRB 1.Manajemen berpengalaman lebih dari 25 tahun di dunia pendidikan dan industri media. 2.Didukung industri media milik STMIK AMIKOM dan RB Group sebagai magang kerja. 3.Menerapkan konsep link dan match. 4.Dosen berkualitas dan praktisi dan akademisi. 5.Kurikulum terarah sesuai kebutuhan dunia kerja. 6.Biaya terjangkau dan dapat diangsur. 7.Study broadcast ke stasiun tv lokal, nasional dan Production House(PH) untuk study lapangan. 8.kerjasama dengan perusahaan dan instansi untuk magang dan penyaluran kerja. 9.Beasiswa dari yayasan, pemerintah dan swasta. 10.Praktek riil produk acara tv pelangi jogja.

FASILITAS 1.Studio TV & Radio 2.Lab.Audio Visual 3.Lab.Editing 4.Lab.Multimedia 5.Fotografi

6


6.Perpustakaan 7.Ruangan ber-AC 8.Free Hotspot 9.Berbagai unit kegiatan mahasiswa

Program Studi Mencetak ahli madya (A.Md) komunikasi siap kerja bidang broadcast (penyiaran) yang memahami proses pra produksi s/d pasca produksi suatu acara atau film yang didukung keterampilan menggunakan peralatan broadcast ditambah pendalaman kompetisi sesuai minat mahasiswa, dengan konsentrasi sbb:  Program acara TV & Radio  Fim & Sinetron  Multimedia

Prospek Karir Penyiapan TV/Radio, produser, reporter, Host, Media, planner, script writer, TV Graphic Designer, sutradara, cameramen, Editor film/video, Art director, audioman, talent casting, talent(pemain), jurnalis, PR, dll.

Proses Pembelajaran  Pelatihan super unggul  OPIEK(Orientasi Pengenalan Intern Ekstern Kampus) 7


   

Proses Belajar Mengajar Study Broadcast Magang kerja dan tugas akhir Lulus dan siap kerja

Ekstra Kurikuler Kegiatan ekstra kurikuler dan kegiatan mahasiswa di AKRB sebagai berikut :Radio kampus,Program acara TV(Pelangi Jogja) di RBTV,Pembuatan film,Fotografi,Musik,MAPALA dan Teater.

Laboratorium dunia kerja  TV Channel  Radio Channel  Production House

8


2. Pemkab Jembrana

Kabupaten Jembrana adalah satu dari sembilan Kabupaten dan Kota yang ada di Propinsi Bali, terletak di belahan barat pulau Bali.pemkab jembrana ini adalah tempat untuk menjalankan sistem pemerintahan dari kabupaten jembrana.ibukota kabupatennya adalah negara. secara administrasi Kabupaten Jembrana terdiri dari 5 Kecamatan yaitu: Melaya,negara,jembrana,mendoyo,pakutatan.

SMKN 3 Negara

9


Smk negeri 3 adalah salah satu sekolah menengah kejuruan negri yang ada di kabupaten jembrana.sekolah ini berdiri pada tahun 2007 dengan membuka program kealihan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Multimedia(MM). Sarana dan prasarana yang ada di sekolah ini cukup memadai mulai dari lab komputer yang sudah di miliki oleh setiap jurusan sehingga tidak akan bentrok saat proses belajar mengajar diadakan.dan sekolah ini mempunyai sebuah kolam renang milik sendiri sehingga memungkinkan siswa dapat praktek atau belajar berenang sendiri di sekolah.dan satu ciri khas tersendiri dari sekolah ini adalah dengan banyaknya dekorasi patung yang mengandung berbagai macam makna yang dimiliki tentang pendidikan.

EKSTRAKULIKULER Selain OSIS sebagai induk kegiatan ektrakurikuler di sekolah, kegiatan ektrakurikuler lainnya adalah:      

 

Pramuka Paskibra Palang Merah Remaja (PMR) Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Pecinta Alam (PA) Olahraga (Bola Voli, Bola Basket, Karate, Tenis Meja, Tenis Lapangan) Kerohanian dan Koperasi Sekolah (Kopsis)

10


BAB III I.Kesimpulan: Kesimpulannya dari diadakan kunjungan industri ini adalah agar dapat menambah wawasan para siswa/i smk akan pengetahuannya di bidang teknologi komunikasi dan informasi.dan para siswa dapat mendapat pengalaman yang sangat bermanfaat baik di jogja maupun di bali.dan para siswa dapat mengetahui bagaimana proses belajar mengajar yang ada di AKRB maupun di smk 3 negara.

II.Saran: Saran dari saya adalah jika lain kali kunjungan industri siswa harus istirahat terlebih dahulu sebelum kunjungan industri dimulai karena kondisi kecapean atau kelemahan para siswa dapat berdampak buruk dengan kesehatan peserta.

11


III.Lampiran:

Gedung STMIK AMIKOM

Ruang Perpustakaan

12


Ruang lab komputer

Gedung Pemkab Jembrana

13


Makalah kunjungan industri copy