Page 1

CHANCE TO

CHANGE

CHANCE TO

C

CHANGE PMKT UGM Jalan Pandega Siwi 12c,Yogyakarta Telp : (0274) 541608 Email : pmkt.ugm1979@yahoo.co.id

@pmktugm PMKT UGM


Pemimpin Umum : Tuhan Yesus Kristus Penasihat : Niken Nababan Pelindung : Albert Lim Pendamping : Novita Prihartiningsih Pemimpin Redaksi : Ishak Hilton Pujantoro Tnunay Redaktur dan Layout : Adinda Marsita Putri Silvia Sinaga Afriana Siagian CONTENTS Editorial + Daftar isi From Komkom xoxx Fokus Upgrade Your Life Baik?Buruk? Siapa yang tahu.. Testimoni Ahok Hopeful not Hopeless Profil dan Sharing PKMT mengajar Tak kan pernah sama Komik Mahasiswa berprestasi Ikutan lomba? Profil dan sharing KTB Puisi Kuis Dudu Ngobrol bareng mimin.. Jokes

i

Buletin PMKT edisi Desember 2012

i ii iii 1 2 4 6 7 9 11 13 15 17 18 20 22 24 25 26 27 30

Nah, gimana ? Puas kan? Sumringah kan setelah baca buletinnya? Hehhe Yoi dong.. semoga seluruh isi buletin ini bisa jadi berkat bagi kita semua ya.. aminn Eits, jangan dibaca doang ya, tapi di simpen, di pahami, dan dilaksanakan.. ok PMKT'ers?? Sip? #okesip Dan jikalau ada salah kata atau hal yang tidak berkenan terkait isi bulein ini, kami segenap crew yang bertugas memohon maaf yang sebesar-besarnya yaa.. ^_*

SALAM PERUBAHAN!

CLOSING

BULETIN EDISI 19

Chance to Change

31


JOKES Berapakah yang selamat?? Pada suatu pelajaran Matematika. Guru : "Seandainya pesawat Boeing 747 Lion Air dipiloti oleh penyabu, dan mengangkut 560 orang anggota DPR RI, meledak di ketinggian 10.000 feet dan jatuh di pegunungan berbatu tajam dengan kemiringan 45 derajat, berapa kemungkinan yang selamat ?" Murid-Murid (Serentak) : yang selamat 250 Juta rakyat indonesia, Bu...". Guru: "Memang Anak Yang Cerdas....." Ujian Susulan Ada 4 orang mahasiswa yang kebetulan telat ikut ujian semester karena bangun kesiangan. Mereka lantas menyusun strategi untuk kompak kasih alasan yang sama agar dosen mereka berbaik hati memberi ujian susulan. Mahasiswa A: pak, maaf kami telat ikut ujian semester mahasiswa B: iya pak. Kami berempat naik angkot yg sama dan ban angkotnya meletus. Mahasiswa C: iya kami kasihan sama supirnya. Jadinya kami bantu dia pasang ban baru. mahasiswa D: oleh karena itu kami mohon kebaikan hati bapak untuk kami mengikuti ujian susulan. Sang dosen berpikir sejenak dan akhirnya memperbolehkan mereka ikut ujian susulan. Keesokan hari ujian susulan dilaksanakan, tapi keempat mahasiswa diminta mengerjakan ujian di 4 ruangan yg berbeda. “Ah, mungkin biar tidak menyontek,” pikir para mahasiswa. Ternyata ujiannya cuma ada 2 soal. Dengan ketentuan mereka baru diperbolehkan melihat dan mengerjakan soal kedua setelah selesai mengerjakan soal pertama.

FROMKOMKOM

From komkom

Halo..Shalom succesfull people.. salam sejahtera.. First of all, all the crews says, Merry Christmas.. Hope Jesus' Love & Peace Always Be With you and your Family Through This Wonderful Christmas ~ Finally done! Setelah berkutat selama hampir satu bulan, buletin PMKT edisi kali ini terbit juga. Perjuangan selama ngerjain artikel ditengah kesibukan kampus, tugas dan segala macemnya, deg-deg an karena deadline yang tiba-tiba udah mepet aja, percetakan yang rame terus, But well, all fear and worry, it paid off in the end. A few words from us, we want to thank profusely to our God, Jesus Christ. Thank You Lord for your guidance until this bulletin has been published. We could't have done it without You. Terimakasih juga yang sebesar-besarnya buat kakak staf (kak Niken dan Kak Ling ), buat seluruh anggota PMKT UGM yang sudah berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung. Bersedia diwawancarai, dimintai pendapat, dan segala macamnya. Dalam buletin PMKT edisi kali ini, tim komkom menyajikan berbagai informasi dan warna sari yang pastinya buat kamu penasaran buat baca dari halaman pertama sampe akhir.. aminn..hehe. Ada cerpen yang menggugah, puisi yang menginspirasi, artikel as your spiritbooster, info-info yang pastinya berguna banget and many others. So, dibaca dan direnungkan yaa.. we hope these writings could be a blessing for all of us.

Soal pertama sangat mudah dengan bobot nilai 10. Keempat mahasiswa mengerjakan dengan senyum senyum. Giliran membaca soal kedua dengan bobot nilai 90. Keringat dingin pun mulai bercucuran. Di soal kedua tertulis: “Kemarin, ban angkot sebelah mana yang meletus?”

30

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Chance to Change

ii


xoxo

Merry Christmas :D

iii

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Ya oleh sebab itu makanya ada baiknya tetep dirahasiakan saja biar saya juga bebas menulis dan dan tulisan tersebut bisa menjadi berkat bagi setiap orang yang membacanya. Dan saya juga tidak jadi sombong dan menjadi salah motivasi :)) Bakalan sampai kapan di rahasiakan? Apakah setelah lulus, admin mau cerita siapa sebenarnya mimin ? Sampai seterusnya, hehehe. Kalau tidak ada halangan apa-apa, ada 2 hal yang bisa membuat saya akan berhenti menjadi admin yang pertama adalah ketika saya lulus kelak, dan kedua adalah ketika saya udah ketahuan :)) Dan saya juga gak ada niatan sama sekali untuk bongkar identitas, jadi kalo yang mau tau silakan dicari tau sendiri. Dan satu hal yang perlu diperhatikan adalah si “Mimin” itu sangat jago dalam hal bersembunyi, hehehe. O ya, admin tidak sepenuhnya rahasia lho, admin dari perwakilan komkom kalau mau publish boleh aja, kan barangkali pengurus ada perlu sesuatu dengan akun twitter ini kan bisa langsung bilang ke Admin perwakilan dari komkom, hehehe. Tapi kalau mau ada perlu lewat saya terkait dengan “Mimin” ya silakan DM saja, hehehe. Kenapa image admin @pmktugm gitu? Ceria , bercandaan gitu? Adakah maksudnya? Tentu saja ada donng, karakter mimin adalah tipe SerSan (Serius tapi Santai) kalo ini saya terinspirasi dari akun @humorgereja. Ya tujuan mereka adalah menyampaikan sesuatu yang bersifat rohani dengan pembawaan yang santai namun tujuannya tetep dapet. Begitu juga karakter Mimin ya seperti itu, ada saatnya serius ada saatnya bercanda. Dan itu juga bermaksud agar tercipta kedekatan dengan followersnya, tar kalo serius mulu pada males nanggepin si Mimin kan repot ____-“

Oke deh min :), terakhir nih apakah harapanmu untuk PMKTers yang baca tweet @pmktugm? Harapan saya simple, semoga melalui pelayanan yang simple ini ada org yg bisa diubahkan dan semakin mengenal Tuhan. Siapapun anda, apapun pelayanan yang anda lakukan, besar atau kecil, lakukanlah dengan sepenuh hati, hehehe. Semoga ada orang yang terpanggil untuk menggantikan saya jadi admin, dan karakter “Mimin” tetap hidup bisa tetap menjadi berkat, memperhatikan, menjangkau, saling berbagi dan lain-lain. Jangan sampai kembali ke masa kelam ketika jarang ngetweet dan twitter cuma buat sarana pengumuman, sayang banget itu mengingat banyak sekali hal yang bisa dilakukan disini. Dan saya juga tau pelayanan via twitter itu kurang efektif dan lebih efektif kalau ada aksi nyata, namun apa salahnya sih jika kita memanfaatkan segala fasilitas yang ada :)) Terakhir tambahan dari saya, terima kasih sudah diberi kesempatan untuk mengungkapkan isi hati, mungkin bagi sebagian orang beranggapan bahwa halah cuma jadi admin twitter doang mah gampang, kan cuma ngetweet. Kalo kata Pak Ahok Basuki “Ikan yang mahal adalah Ikan Salmon, kenapa? Ya karena Salmon berani berenang melawan arus, kalo kayak ikan yang lain yang biasa-biasa aja ya murah”. Ya kalo jadi “Mimin” yang biasa-biasa saja sih emang gampang tinggal ngasih pengumuman aja, pengumumannya pun yang biasa-biasa saja (bukan promo kreatif), tetapi bagaimana karakter “Mimin” tetap ada, tetap hidup, tampil beda dan menjadi berkat bagi sesama itu yang sedikit rumit, huehehe. Terimakasih buat yang sudah support selama ini, mohon maaf kalau ada salah-salah kata, semoga twitter ini tetap bisa menjadi berkat sampai seterusnya :)) Lebih baik melakukan hal yang kecil dengan kasih yang besar, daripada melakukan hal besar dengan kasih yang kecil "Bunda Theresa”

Chance to Change

29

mimin @pmktugm

F o r Yo u r I n f o r m a t i o n


Fokus

F o r Yo u r I n f o r m a t i o n · Agar saya sendiri bisa survey secara langsung kinerja saya di mata orang-orang Pak Jokowi sering terjun langsung ke lapangan untuk mendengarkan harapan rakyat terhadapnya dan kinerja beliau di mata masyarakat. Nah saya terisnpirasi dari beliau, jadi karena saya invisible, jadi saya sering ngajak ngobrol orang-orang tentang admin PMKT yang sekarang ini. Tentang karakternya yang ceria dan lebay, tentang tulisan-tulisan yang dibagikan, dan lain-lain. Alhasil ya semua uneg-uneg mereka keluarkan, mereka ngomongin tentang admin di depan orang yang menjadi admin. Ya njelek-jelekkin ada, yang memuji juga ada, bagi saya itu gak masalah kan tujuan saya ada untuk introspeksi diri :)) Contohnya dulu waktu saya pernah buat gombal natal, langsung menuai reaksi negatif, ya langsung saya stop, lalu saya bagi cerita lewat tulisan-tulisan itu, saya survey langsung, dan rekasi orang-orang positif, mereka sangat suka, yaudah saya lanjut terus sampai sekarang. Apa anda pernah diajak diskusi mengenai admin twitter pmkt? Nah lo mungkin saja itu adalah saya, hahahaha · Agar orang-orang melihat itu akun twitter tersebut dari isinya (sebagai Mimin) bukan sebagai orang yang menjadi admin Tau lagu Separuh Aku dari NOAH? Booming banget kan, pertanyaannya adalah apakah lagu tersebut akan menjadi sebooming sekarang jika band yang menyanyikannya bukan NOAH? (Misalnya ada band baru muncul terus singlenya lagu Separuh Aku). Saya rasa belum tentu deh. Ya karena yang bawain lagunya Ariel dkk makanya jadi booming banget. Contoh lain : Kalo ada tweet |”@agnezmo: Selamat hari minggu semuanya, GBU all guys“| Saya yakin itu akan diretweet banyak orang. Padahal kalo saya ngetweet hal yang sama pake akun pribadi kayaknya gak pernah ada yang retweet deh, padahal kan isinya sama-sama ngucapin selamat hari minggu. Tapi yang membedakan adalah beliau artis dan saya bukan, makanya tweetnya sering di retweet orang.

28

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Begitu juga saya di dalam menjadi admin ya biar yang diliat adalah isinya dan karakter “Mimin”nya bukan “Saya”nya yang dilihat. Ya hal itu juga akan menjadi tidak baik ketika ada orang yang sudah tidak percaya saya dari awal. Ya saya kan gak bisa menilai diri saya sendiri, barangkali diluar sana ada yang kurang suka sama saya dan berujung pada pemikiran skeptis ya ketika saya jadi admin maka semua yang saya lakukan akan dilihat sebagai omong kosong belaka. Kalau udah skeptis duluan itu yang susah, kalo saya melakukan apa aja nanti ya kemungkinan besar udah dianggep negatif. · Agar saya tidak salah motivasi di tengah jalan ketika menjalankan twitter ini Kalo semua yang sudah ditulis di atas adalah reaksi dari luar ke dalam, dan ini adalah reaksi dari dalam ke luar sekaligus hal yang paling saya takutkan. Akhir-akhir ini banyak yang respect sama karakter “Mimin” baik dari alumni maupun dari yang masih mahasiswa. Ada yang memuji, apalagi waktu habis bagi cerita “Don't be a Judger” sama “Baik? Buruk? Siapa yang tau”. Nah saya tidak ingin terlampau hanyut dalam semua pujian itu, ingat kembali ke motivasi saya sewaktu pertama kali memutuskan jadi admin adalah membagikan berkat via twitter dan biarlah NamaNya yang dimuliakan lewat tulisantulisan yang saya buat. Jangan sampai saya jadi sombong terus kehilangan arah dan salah motivasi. Misal nih kalo orang tau siapa adminnya yang suka nulis terus biar dianggep bijak gitu? Dan kalo misalnya saya cowok maka saya bisa menunjukkan bahwa saya adalah Pria bijak di depan cewek-cewek? Atau kata lainnya pengen show off? Hahahaha kuno sekali.

Kelahiran YESUS KRISTUS di muka bumi adalah wujud kasih-Nya yang tidak dapat diukur oleh apapun. KelahiranNya merupakan kesukacitaan besar bagi kita karena Dia yang membebaskan kita dari b e l e n g g u d o s a . Ye s u s membawa perubahan besar karena jati diri-Nya dan caraNya dalam menyentuh hidup manusia. Yesus yang adalah Tuhan menyetarakan Diri-Nya dengan manusia untuk menyelamatkan kita, dan rela menjadi miskin untuk menjadikan kita kaya. Kelahiran-Nya di kandang domba yang hina dan kotor tidak mempengaruhi status keAllahan-Nya, sebaliknya Dia membawa pengaruh besar bagi dunia. Apakah fakta-fakta tersebut benar-benar telah kita pahami ataukah hanya sebatas pengetahuan yang telah diajarkan turun-temurun? Nampaknya kita perlu memperhatikan seruan Soren Kierkegaard (1813-1855), seorang pendeta Lutheran dari Denmark, “Yang aku pikirkan bukanlah apa yang harus aku ketahui, melainkan apa yang harus aku lakukan.”

Jika kehadiran-Nya telah menggoncangkan kekuasaan Kaisar Romawi, mengubah pola pikir para pemimpin agama, dan membongkar tradisi bangsa Yahudi yang sangat ketat, tentulah Kristus juga akan mengubahkan hidup kita. Dapatkah perubahan itu datang dengan sendirinya? Tentu saja tidak. Lalu apa yang harus kita lakukan dalam menyambut kelahiran-Nya? “Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, ...” (Fil. 2:5-6). Ayat ini ditulis Paulus dalam bentuk kalimat perintah, bukan sebuah saran. Kata “pikiran” (Yun. phroneo) dalam bahasa aslinya bisa berarti “pendirian” atau “sikap”. Di sini kita melihat suatu iman di mana Paulus membawa seluruh kehidupannya masuk ke dalam kehidupan Kristus. Segala hal yang ditunjukkan Yesus menjadi sangat penting bagi kita karena kita harus meneladani-Nya. Hidup kita adalah hasil dari pikiran dan perasaan kita, yang seharusnya merupakan hasil dari pengenalan kita akan Kristus. Iman kepada Kristus akan membawa kita kepada pikiran dan perasaan yang benar dan menjadikan hidup kita benar. Kita perlu lebih dari sekedar membuat Yesus hidup di dalam diri kita. Kita harus mengadopsi pikiran Kristus melalui doa dan mempraktikkan disiplin rohani yang dicontohkan-Nya. Kita beralih dari berfokus kepada “aku” menuju berfokus kepada Kristus yang akan mengubah kehidupan kita dari hidup yang sia-sia menuju hidup yang diberkati. Dari manusia biasa saja menjadi manusia luar biasa. Jika Kristus ada dalam hati kita, memenuhi hidup kita, dan kita lakukan apa yang diajarkan-Nya, maka kita akan diubahkan menjadi seperti Dia dan dapat melakukan perkara yang besar bersama Dia. Natal bukan sekedar untuk dirayakan atau diperingati. Natal seharusnya menjadi momen setiap hari untuk memperteguh iman kita kepada Yesus agar kita diubahkan menjadi serupa dengan Kristus. Mari kita jadikan Natal untuk berubah menjadi semakin dewasa rohani, semakin mengasihi, semakin melayani, dan semakin menjadi berkat bagi sesama. Tuhan memberkati kita.

Niken Nababan Chance to Change

1


aarrttiikkeell uuttaam maa

Chance to Change

F o r Yo u r I n f o r m a t i o n

ngobrol bareng..

mimin @pmktugm Terang itu telah datang, Ia adalah seorang bayi kecil bernama Yesus yang dilahirkan. Yesus adalah putera Allah, Dia adalah Tuhan bagi kita. Yesus datang membawa sebuah perubahan bagi kita orang percaya yaitu perubahan keselamatan, kita seharusnya tidak bisa selamat dari dosa tapi oleh karena Dia kita diselamatkan jiwa dan roh kita. Perubahan yang sangat mendasar adalah tentang Hukum Kasih, sebelum Dia datang kedunia kejahatan selalu dibalas dengan kejahatan tetapi oleh Yesus di perintahkan supaya kita sebagai umat manusia harus saling mengasihi satu dengan lainnya seperti kita mengasihi diri sendiri. Dunia ini akan menjadi gelap dan tak akan berubah apabila penghuninya tidak saling mengasihi, sebab yang akan terjadi hanyalah peperangan yang akan menyengsarakan umat manusia itu sendiri. Sikap saling mengasihi adalah suatu sikap saling menghargai juga sikap kepedulian kita terhadap mereka yang membutuhkan pertolongan. Dalam kehidupan sehari haripun kita dituntut untuk selalu peduli terhadap apa yang ada disekitar kita, agar kita bisa menjadi lilin-lilin kecil yang menerangi disekeliling kita serta menjadi garam yaitu memberi rasa damai dan sukacita bagi mereka yang sedang dalam situasi kesulitan. Inilah dampak positif dari Natal atau kelahiran Yesus bagi setiap orang bahwa Dia datang membawa perubahan kearah yang lebih baik serta yang paling utama adalah Keselamatan bagi umat manusia. Hidup ini selalu dan penuh dengan perubahan, dan itulah fakta yang harus kita sadari sepenuhnya di dalam perjalanan hidup kita. Mulai dari perubahan yang terjadi atas hidup kita, hingga berbagai perubahan yang terjadi di sekitar kita. Lalu, apakah hubungan semuanya itu dengan diri kita? Ketahuilah, bahwa berbagai perubahan yang terjadi menuntut kita untuk mampu mengantipasi semua itu, agar kita tidak terlindas oleh semua perubahan yang terjadi atas atau di sekitar kita. Kita ambil satu contoh. Kita tahu, bahwa hari-hari ini semakin sulit di berbagai aspek hidup kita. Lalu, coba bayangkan, apakah yang akan terjadi, jika kapasitas kita untuk menanggung kesulitan yang terjadi tidak di-upgrade, padahal hari-hari semakin sulit? Melalui natal ini, kita diberi kesempatan untuk melakukan perubahan atas diri kita, bahkan lingkungan kita. Pertanyaannya adalah apakah kita mau melakukan perubahanperubahan itu? Dan perubahan apa yang kita harapkan terjadi melalui momen natal ini? ^^

2

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Halo min apa kabar? Lagi sibuk apa? Haloo, haloo Kakakk, ya beginilah kak selayaknya mahasiswa pada umumnya, sibuk tugas, praktikum, laporan dan dikejar deadline,hahaha :D Sudah sejak kapan jadi admin @pmktugm? Eeeemm, sejak kapan yaa? :3 . Saya cerita dulu ya, jadi dulu akun ini sempet mengalami kekosongan gitu. Ngetweet jarang banget, paling banter 2 kali seminggu itupun hanya sekedar untuk pengumuman Estuf atau PD. Ya pokoknya garing banget lah, nah melihat itu saya tertarik untuk menghidupkan twitter ini kembali, dan melakukan sesuatu terhadap akun ini dan tentunya ke arah yang lebih baik. Melihat akun-akun twitter yang sangat popular di kalangan mahasiwa pada saat itu seperti @poconggg @humorgereja @radityadika dan lain sebagainya terus aku berpikir, kenapa kita tidak bisa seperti itu? Tentunya dengan konsep yang rohani, pembawaan karakter yang asik dan so pasti tidak lupa agar tujuan dari adanya twitter ini bisa tercapai. Intinya yang mau saya sampaikan adalah banyak sekali yang bisa kita lakukan via twitter ini, seperti menyemangati orang, memperhatikan orang, penjangkauan dan masih banyak lagi, lalu kenapa kita tidak lakukan saja, hehehe. Oiya, saya lupa kak kapan pastinya saya jadi admin, ya pokoknya semenjak akun ini menjadi sepi. Admin @pmktugm sebenernya ada berapa sih? Satu orang? Atau berapa ? Hehehehe, kasih tau gak yaaa :3. Yang jelas bukan cuma saya, tapi saya yang paling aktif, saya tau mereka siapa aja tapi mereka gak tau siapa saya, dari komkom juga pasti harus ada kan heuhuu ^^

Kenapa sih kok adminnya dirahasiain? Apa alasannya? Nah ini dia akhirnya sampai juga pada pertanyaan pamungkas, jrengjrengjreng. Semoga yang membaca ini bisa memaklumi yaa. Berikut adalah alasan-alasan kenapa harus dirahasiakan : · Agar bisa menghargai siapapun orangnya dibalik twitter tersebut Hal ini berkaitan dengan persepsi orang. Misalnya begini, tentunya akan sangat berbeda rasanya jika orang tau bahwa adminnya adalah angkatan tua atau angkatan muda. Ya kebanyakan dari orang-orang akan lebih percaya jika adminnya adalah angkatan tua, terutama jika dalam hal memberi nasihat, berbagi cerita, quote dan lain lain dibandingkan jika adminnya adalah angkatan muda. Misalnya ada angkatan 2004 lagi ngetweet galau, terus orang-orang udah tau kalo adminnya 2012, maka ketika tweet galau dari angkatan atas itu ditanggapi mungkin saja bisa terjadi pikiran kalau “Ni maba sotoy amat sih, sok-sokan ngurusin galaunya angkatan tua” dsb. Ya banyak yang beranggapan kalau angkatan yang tua itu pasti pemikirannya lebih “yoi” karena sudah beberapa tahun dibina di PMKT dibanding angkatan muda yang baru masuk (padahal ya belum tentu, hehe). Lalu rasanya agak gimana jika sedang menjalankan akun twitter lalu kita dipanggil nama aslinya. Contohnya begini (Misalnya nama asli “Mimin” adalah Kirana) : |“@bejosutedjo: Kamu juga dateng kir, jangan ketiduran lagi terus gak estuf :p RT @pmktugm: temanteman jangan lupa besok kita ada estuf ya jam 4 di griya pmkt, ayo dateng :D”| atau begini |“@hendrobasuki: udah bayar belum kir? Awas jangan sampe kelupaan lagi :p RT @pmktugm: Buat teman-teman jurusan JTMI jangan lupa besok adalah pengisian KRS, semangat buat portal kombatnya teman-teman :D”|. Nah karena saya tidak ingin kejadian itu terjadi lagi makanya dirahasiakan saja.

Chance to Change

27


artikel utama

DUDU

DUDU

Q

Dari : komkom Untuk : WARGA PMKT DU

: Pray Hard Work Hard :)

Dari : frederika industri'12 Untuk : Nathan TE'09 DU :Selamat Natal Bang....

Sukses buat kuliahnya...Mudahmudahan diperlancar Tuhankuliahnya dalam meraih cita dan cintaNya D U DU

26

: Stefanus TM'11 : Someone special yang merasa : Selamat Natal ya....

D : Meisita TE'11 U : Panitia Natal Super DU : selamat natal adikadik.. terimakasih untuk pelayanannya. Sukses terus, terus bertumbuh dalam Tuhan. GBU

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Kita perlu meng-upgrade manusia rohani kita, agar kapasitas kita boleh diperbesar dari waktu ke waktu. Yup, agar iman, kasih, pengharapan dan pengertian kita senantiasa diupgrade dan bertumbuh di dalam Kristus, agar kita mampu menghadapi berbagai perubahan yang terjadi, dan menjadi pemenang atas semuanya itu. Karena itu, mari kita UPGRADE hidup kita dari waktu ke waktu, dan memang itulah yang Tuhan mau, seperti ada tertulis, “…dan telah mengenakan manusia baru yang TERUS-MENERUS DIPERBAHARUI…” (Kol 3:10). let's upgrade our life. Bagaimanakah dengan kehidupan kita saat ini? Apakah kita sudah berubah atau sedang mau berubah? Atau sedang menantikan suatu perubahan dalam hidup kita? Perubahan memang menyakitkan, sebab itu adalah proses yang tidak sebentar, memakan waktu yang mungkin lama dan cukup lama, bahkan pengorbanan hati, jiwa, perasaan, mungkin juga uang, harta, martabat, harga diri, hingga kita diinjak-injak, dan sebagainya. Namun ingatlah baik-baik, bahwa Firman-Nya berkuasa, Firman-Nya memberikan kekuatan yang luar biasa bagi kita, Firman-Nya menyanggupkan dan memampukan kita melewati badai sebesar apapun. Oleh sebab itu, jangan pernah kita menganggap remeh apa yang Tuhan katakan, karena itu adalah Firman Tuhan. Oleh karena itu marilah kita isi suasana Natal dengan penuh Cinta Kasih agar dunia bisa tersenyum ceria menyambut perubahan yang membawa damai dan sejahtera serta keselamatan pribadi bagi setiap orang yang percaya kepada Yesus sebagai Tuhan Allah kita.Aminn.. God Bless.. selamat membawa perubahan saudaraku.. :D

Chance to Change

3


KUIS

Artikel

BAIK?BURUK? Siapa yang tahu..

ini cerita postingan mimin @pmktugm beberapa waktu lalu.. Bagi yang belum pernah membaca, dan bagi kawan-kawan yang udah pernah baca, yuk dibaca lagi :) Yuk dah biar asoy, sebelum mengawali cerita ini boleh banget lho dibuka ayat yang berkaitan. Yaitu dari Pengkotbah 3 : 11 . Pernahkah anda mengalami berbagai macam kenyataan hidup yang mungkin terlihat menyulitkan perjalanan hidup anda? Contohnya nih . . .Di PHPin cowok, suka sama cewek tapi pupus ending, gagal dalam suatu test, sekelompok dengan orangorang yang gak tanggung jawab, dll.Ya pokoknya hal-hal yang terkesan tidak menyenangkan di dalam hidupmu. Lalu apakah anda protes sama Tuhan? “Tuhan kenapa hidupku kok gini amat ya? Sial terus deh kayaknya :| . Tolong aku Tuhan aku butuh penyertaanMu” Lalu apakah semua terjadi secara instant *ting* begitu saja? Atau ada sebuah proses peristiwa panjang yang Dia berikan? Untuk lebih jelas coba simak perumpamaan cerita berikut :)

4

Pada suatu hari ada seorang Raja yang sangat baik hati dan bijaksana di dalam kepemimpinannya di suatu negeri.Karena baik dan murah hatinya maka Tuhan pun tergerak hati untuk memberinya hadiah berupa permintaan apapun yang Raja itu inginkan.Dan Raja tersebut meminta 1 hal yang menjadi keinginannya. Kata Raja tersebut kepada Tuhan “Saya tidak minta macam2 Tuhan, hanya meminta Engkau menyertai dan melindungiku di dalam hidupku agar aku selamat di setiap langkahku”. Dan Tuhan pun mengiyakannya. Dan beberapa saat setelah doa percakapannya dengan Tuhan tersebut, Raja merasa lapar. Dan Ia melangkah menuju dapur kerajaan untuk mencari makanan, kebetulan Ia menemukan buah mangga disana dan segera mengupasnya.Namun, karena Sang Raja tidak hati-hati, secara tidak sengaja pun jari kelingkingnya pun tergores pisau. Sang Raja pun mengerang kesakitan. Lalu segera dipanggil Tabib kerajaan untuk mengobatinya. Tetapi kata tabib tersebut “Maaf Tuanku luka goresan ini sudah terlalu dalam” “Tuanku harus memotong jari kelingking Tuan dan kehilangannya atau luka tersebut akan terinfeksi dan Tuanku bisa mati”Akhirnya daripada kehilangan nyawa diambillah jalan bahwa jari kelingking raja harus dipotong (kalo sekarang disebut amputasi)Dan Sang Raja pun hidup dengan 9 jari dan kehilangan 1 jari kelingkingnya. Kontan Ia pun marah dan protes pada Tuhan,katanya “Tuhan? Dimanakah janjiMu akan melindungiku? Lihatlah aku hampir mati dan kini aku hidup cacat dengan 9 jari”.Namun Tuhan terdiam dan tidak menjawabnya. Hari pun terus berlalu, hingga pada suatu ketika Raja dan pengawalnya pergi berburu ke hutan. Nasib malang kembali menimpa, Raja tersesat, terpisah dari rombongan berburunya dan terdampar di suatu tempat misterius dan menakutkan. Rupanya tempat tersebut merupakan tempat tinggal suku primitif kanibal.

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Quiz

Answer me :)

1. Metode yang digunak an oleh Bang Gerald A Pohan untuk menjadi berkat melalui studi da n penelitiannya adalah … 2. Dengan membaca buletin ini, menurut teman-teman apakah tema buletin ini? 3. Sebutkan 3 cara yang digunakan oleh Ahok untuk memberi teladan sebagai pemimpin!

Cara mengumpulkan :Cara pertama, jawaban bisa ditulis pada kertas lalu diberikan kepada Hilton(TE 11), Silvi(IT'11), Dinda(TA'10), atau Afriana(TI'11) Cara kedua, jawaban bisa dikirimkan melalui email ke hiltontnunay@yahoo.com

Chance to Change

25


puisi

Artikel

I fall, I cry.. That time The pain that i felt it's barely unbearable.. I was stuck, I was rejected.. The feeling that kept me breathless And thought that I wish I have never been born I have nobody.. I'm lonely.. No one would care for me.. As I believe it was.. But then You came.. Hold me, Raise me.. Comforting me.. And kept me so I won't fall no more.. It's Your love that kept me alive.. It's Your touch that strengthened me up.. I love You so Lord.. Thanks for choosing me.. Thanks for the serenity that You gave me.. Thanks for who I am right now.. Someone that love You so much.. And grateful for being born to this world.. As my pain has washed away And my tears has gone today.. This is the joy that forever would stay..

24

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Dan mereka pun bermaksud menjadikan Raja sebagai makan malam..” Sebelum dimasak coba periksa dulu kondisi tubuh manusia ini. ”Akan tetapi ketika diperiksa, ketahuan bahwa sang Raja cacat dan hanya memiliki 9 buah jari.Singkat cerita.Karena ditemukan kondisi tubuh yang kurang baik dari Raja, maka ia tidak jadi dijadikan santapan makan malam dan Raja pun dibebaskan. Ketika Raja berlari mebebaskan diri, Ia pun sangat bersyukur dan teringatlah ia pada janji penyertaan dan perlindungan Tuhan . Apa yang bisa kita ambil dari cerita di atas? :))Sudah berapa banyak kah peristiwa kurang mengenakkan yang terjadi dalam hidup anda? Pasti banyak dan bermacam-macam kan Namun apakah semua itu adalah sial sepenuhnya? Ataukah suatu bagian dari rangkaian peristiwa yang Tuhan siapkan di masa depan?Dan ketika peristiwa itu mencapai tujuan atau GOALnya maka hal tersebut akan terasa indah bagi pribadi yang merasakannya. Contohnya begini nih . .Ketika anda meminta kemampuan manajemen waktu dari Tuhan? Apa yang akan Tuhan beri? Instan kemampuan manajemen waktu yang baik?Atau bermacam-macam kesibukan yang bertubi-tubi dan membuat anda untuk belajar memanajemen waktu secara baik?Hingga suatu saat jika kesibukan itu datang lagi, anda sudah terbiasa karena sudah bisa memanajemen waktu secara baikJika anda seorang yang sangat teledor dan pelupa. Lalu anda minta sifat itu dihilangkan. Apa yang akan Tuhan beri? Tiba2 ilang gitu?Atau malah anda ditunjuk sebagai bendahara (posisi paling beresiko) dalam suatu acara? Dan dari situ anda disuruh belajar untuk telitiContoh terakhir dari kisah nyata yang cukup terkenal nih . . . . . . . .Beberapa waktu lalu, ada seorang Office Boy yang harus telat ke kantor karena harus pulang lagi untuk mengganti bajunya yang kotorBajunya kotor dan mengapa karena terkena cipratan air dari mobil yang melintas di depannya ketika ia dalam perjalanan ke kantor Ia sudah sangat ketakutan karena ia pasti akan telat ke kantor, dimarahi bosnya, dan tidak mendapatkan jatah makan siangTahukah apa yang terjadi? Ketika Ia di rumah, Ia mendapatkan telepon bahwa kantornya telah di bom dan banyak orang terjebak di dalamnyaYa kantor dari Office Boy tersebut adalah World Trade Centre yang seketika hancur karena peristiwa terorisme tahun 11 september 2001 :)Dan lain sebagainya masih banyak contoh lainnya. Dan ya “Baik? Buruk? Siapa yang tau”. Intinya yang mau mimin sampaikan adalahPeganglah 1 hal “God is good, all the time” sehingga apapun yang Dia berikan pasti akan menjadi indah di saat yang tepatKalaupun ada yang tidak mengenakan dalam hidup kita, bisa saja itu adalah bagian rangkaian peristiwa dengan tujuan indah di masa depanNamun kita tidak bisa menyelami keseluruhan pekerjaanNya (Pengkotbah 3:11). Percayalah DIa tidak akan meninggalkan kita (Ibrani 13:5b) cerita akan ditutup dengan sebuah quote “Hidup ini seperti piano, berwarna putih dan hitam. Namun ketika Tuhan yang

memainkannya, semuanya menjadi indah”

Chance to Change

5


pP r o f i l KKTTBB

Te s t i m o n i

perubahan apa yang kalian inginkan

Nah itu tadi cerita dari ktb cewe, sekarang kita denger cerita dari ktb cowo yuk..

di Natal ini? 端

Bang Hendra (TE 10) Hai, kebetulan kami belum menemukan nama untuk ktb kami.Hehehe..Adik ktb ku ada empat orang semua anak Teknik Elektro 2012. Ada Kevin , Alvin ,Rejeki ,sama Bambang.

Gracea (TI'12) Natal itukan kelahiran Yesus Kristus, setiap kelahiran itu, pasti dibarengi dengan sukacita dan pengharapan yang baru. Karena itu,di natal ini aku pengin dapat sukacita yang lebih lagi, meskipu natal tahun ini aku ga ngumpul bareng keluarga. Aku juga penge menjadi pribadi yang baru yang semakin bertumbuh dalam Tuhan :D

Kristin(TI'12) Perubahan yang aku inginkan setelah natal tahun ini, ingin semakin dekat pada Tuhan dan ingin terus melayani Tuhan lebih lagi. Dan ingin menjadi lebih mandiri.

Ruth (Fisipol'11) Setelah natal ini, aku berharap bisa jadi orang yang lebih banyak bersyukur sama Tuhan, buat semua hal yang sudah dan masih Tuhan kasih dalam hidupku. Berharap bisa lebih baik lagi dalam kuliah dan pelayanan juga.

6

Sri(TA'11) Aku berharap setelah natal ini, kebijaksanaan, hikmat, dan kepandaian semakin ditambahkan. Aku juga ingin agar aku melakukan semua aktivitasku dengan senyuman, dan kuserahkan semua untuk Tuhan. Aku ingin lahir baru, pengharapan baru dan Yesus harapanku. Hehehhehe.... maap agak panjang... Merry Christmas...

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Aku sharing sedikit ya, ktb kecilku ini juga belum lama mulai. Setelah menjadi PKTB, aku belajar bagaimana untuk bisa merangkul adik2 dengan pemikiran yang berbeda2 dan menjadikannya satu visi sesuai visi pemuridan. Aku juga belajar untuk bisa mengasihi dan sekaligus tegas kepada adik2 KTB. Bahagia rasanya ketika melihat dan merasakan bagaimana semangat adik2 KTB ketika ber-KTB, mereka antusias dan memberikan pertanyaan2. Dukanya ketika rencana untuk KTB tiba2 batal karena ada masalah mendadak, jadi harus diundur dan membuat KTB agak tersendat.

sharing KTB

Mendekati momen natal yang akan tiba sebentar lagi, harapan untuk KTB ku, kiranya lewat natal ini kami bisa semakin mengalami pertumbuhan rohani dan bisa lebih saling berbagi sehingga kami benar2 bertumbuh bersama lewat KTB ini. God Bless us.

Gimana gimana? Seru kan sharing dari kak Monanda dan Bang Hendra.. Semoga sharing mereka bisa memberkati setiap pribadi yang membacanya ya :D Bagaimana dengan KTB mu? :)

Chance to Change

23


pPrrooffiill KKTTBB

YUK DIBACA :)

Kak Monanda (T.Industri 2009) Halo..Nama KTB kecil ku ACHAVA,, Dulu ide nya dateng dari salah satu adek ktb ku. Achava itu ada artinya loh.. Kalo penasaran artinya apa, cari di google aja kalo ngga tanya langsung ke kami,hehe. Adek ktb ku dari Teknik Industri 2011 semua, ada tata, juwita, dan astika. Perasaanku setelah jadi pktb, ehmmm ehmmm. Apa yah bingung juga sih sebenarnya. Jadi seorang pktb merupakan pergumulan yang panjang buatku. Dimulai sejak kaka KTB ku menceritakan tentang suka duka nya dan pergumulannya juga menjadi seorang pktb, di situ aku udah mulai mikir-mikir jadi pktb apa ngga yah nanti. awalnya bimbang, karena aku ngerasa belom pantes jadi seorang pktb. Namun Tuhan yang membantu menemukan jawabannya. Ketika aku sudah berkomitmen menjadi seorang pktb, aku memiliki suatu tanggung jawab untuk berbagi kehidupan ku bersama-sama dengan adek-adek ktb ku. Senang banget ketika bisa berkumpul bersama, sharing bersama, berbagi info bersama, dan tentunya bertumbuh bersama di dalam Tuhan Yesus. Di ktb ini, aku masih belajar bagaimana menjadi seorang kakak, seorang sahabat, dan seorang saudara bagi ktb kecilku. Jadi pktb itu ada suka duka nya, dinikmatin aja sih hehe. Setiap kejadian yang terjadi, bisa membuat introspeksi diri juga sih. Misal kalo tiba-tiba ada yang ngga bisa ktb, terus akhirnya ga jadi ktb kecil,, kejadian itu jadi ingetin aku, kalau dulu pernah kaya gtu juga pas masih awal-awal jadi maba. Tapi ktb itu kan sebuah proses. Proses pertumbuhan menjadi seorang kristen yang sesuai dengan mau nya Tuhan.

22

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Jadi di ktb kecilku ini, ngga ada yang paling menonjol paling tau segalanya, s e m u a n y a b e b a s berpendapat, bebas sharing, dan mengeluarkan info-info tentang firman Tuhan. Harapanku buat ktb kecilku ini, biar kita makin kompak,makin saling mengasihi, dan teratur lagi jadwal ktbnya. Yah semoga ktb kecil ku ini bisa membawa perubahan ke masing-masing individu. Pokonya yang terbaik lah harapannya. Segitu aja kali yah hehe. Tuhan Yesus memberkati.

To k o h I n s p i r a s i o n a l

AHOK.. AHOK .. Tentu kita sudah pernah atau bahkan mendengar nama Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa “Ahok� melalui surat kabar, televisi, internet atau media komunikasi lainnya. Kita mulai mengetahui dia ketika dia diberitakan menjadi salah satu calon wakil gubernur Ibu Kota Indonesia, Jakarta. Dengan latar belakangnya sebagai kaum minoritas di bangsa ini, mungkin banyak orang yang mengatakan bahwa dia tidak mungkin dapat menjadi orang nomor dua di Jakarta. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Mantan Bupati Belitung Timur yang berpasangan dengan Mantan Walikota Solo yang menjadi calon gubernur dan wakil gubernur DKI ini terus melakukan tindakan-tindakan nyata yang dapat menarik hati dari rakyat Jakarta, sehingga meskipun mereka dikepung oleh begitu banyak partai politik yang berkoalisi untuk mengalahkan mereka, Tuhan tetap menetapkan mereka sebagai pemimpin kota Jakarta. Mungkin kita melihat bahwa dengan latar belakang Ahok yang adalah kaum minoritas di Indonesia, ini adalah suatu anomali atau keadaan tidak seperti pada umumnya. Suatu fenomena dimana orang Kristen yang bisa menjadi orang nomor dua DKI. Hal ini membuat kita bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi. Seperti yang pernah dilakukan ketika ia menjadi Bupati di Belitung Timur, Ahok melakukan kampanye dengan tidak mengompor-ngompori rakyat, melainkan dia mendatangi rakyat dan menanyakan hal-hal yang menjadi keluhan-keluhan dari rakyatnya. Dengan kebijakan-kebijakannya yang brilian ketika menjadi Bupati Belitung Timur membuat dia menjadi salah satu tokoh yang mengubah Indonesia versi majalah tempo. Sehingga masyarakat merasa diperhatikan oleh pemimpinnya.

Chance to Change

7


To k o h I n s p i r a s i o n a l

sshhaarriinngg

Dengan pendidikan dan perhatian yang baik dari orang tuanya khususnya ayahnya, Ahok, yang sekarang menjadi wakil gubernur DKI Jakarta menjadi orang salah satu orang yang banyak disoroti oleh karena tindakan-tindakan nyata yang dilakukannya untuk mewujudkan Jakarta Baru dengan tananan yang lebih baik. Hal ini ditunjukkan oleh salah satu kebijakannya yaitu meng-upload file video rapat dengan siapapun ke YouTube sehingga masyarakat dapat melihatnya agar benar-benar terlihat bagaimana penggunaan dana dalam rangka pembangunan dan penataan Jakarta karena Ahok sangat tidak nyaman melihat adanya korupsi dalam pemerintahan. Ketidaknyamanannya melihat korupsi adalah karena dia mengingat bahwa setiap anggaran yang digunakan untuk suatu proyek atau kegiatan di pemerintahan adalah dari uang rakyat dan yang terpenting, Ahok juga menjaga integritasnya sebagai orang yang takut akan Tuhan.

gimana ceritanya ?

Ahok yang berpasangan dengan Joko Widodo atau Jokowi, merombak ulang Jakarta agar Jakarta menjadi lebih baik. Wakil Gubernur yang selama ini jarang dilihat kinerjanya, tapi pada pemerintahan ini, wakil gubernur terlihat kinerjanya. Kinerjanya terlihat dengan adanya rapat-rapat dengan berbagai pihak, misal dengan dinas pekerjaan umum, dinas perhubungan dan lain-lain, Ahok dengan tegas mengatakan bahwa dia sangat peka terhadap uang untuk proyek-proyek yang akan dilaksanakan oleh dinas. Anggaran proyek yang ditekan seminimal mungkin agar mengurangi kemungkinan untuk terjadinya tindak korupsi. Tindakannya sebagai pemimpin yang tidak sebagaimana pemimpin-pemimpin lainnya yang dapat kita lihat adalah Ahok memberikan nomer handphonenya yang bisa dihubungi ke masyarakat, agar setiap masyarakat dapat memberitahukan setiap kejadian-kejadian yang dinilai merugikan masyarakat. Ahok juga bersedia mendengar setiap keluhan-keluhan yang disampaikan oleh warga, lalu bersedia juga melayani tanpa bayar kepada warga yang memerlukan bantuannya. Hal ini menunjukkan bahwa Ahok menjadi pemimpin yang melayani bukan dilayani. Ini merupakan contoh yang baik untuk bagaimana cara seorang pemimpin membawa perubahan terhadap yang dipimpinnya, yaitu dengan ..

memberi teladan tindakan nyata, bukan hanya dengan kata-kata.

Let’s k chec this out !

Agus Pahala Simbolon (T.Industri 2009) Abang kita yang lebih akrab dipanggil bang Agus ini udah sering banget ikut lomba semenjak tahun pertama kuliah. Belum lama ini, Bang Agus ikut Chronics, lomba desain produk ergonomis tingkat nasional yang diadakan UGM. asil meraih peringkat tiga. Tentunya selama proses persiapan mengikuti lomba, banyak kesulitan yang dihadapi bang Agus dan timnya. Seperti sulitnya mendapatkan ide dan banyak yang harus dikorbankan antara lain, tenaga, waktu, dan uang. Bang Agus bilang, tim work itu butuh kesehatian. Bakalan susah kalo di dalam satu tim aja kita nggak bisa saling ngerti. Tujuan Bang Agus ikutan lomba yaitu untuk menguji kompetensi diri. Sudah sejauh mana sih, eksistensi kita. Di posisi tertinggal, mengejar, atau di posisi terbaik. Tujuan lain, adalah networking. Networking sangat membantu kita Bang Agus juga belajar banyak dari kompetisi, yaitu tentang pengembangan diri. Bang Agus punya 2 pesan nih buat yang baca. Pertama, ketika kita punya mimpi, kita juga harus punya determinasi. Apa sih determinasi? Determinasi itu kebulatan tekad, ketetapan hati untuk maju. Nah kalo kita punya mimpi yang Cuma sekedar mimpi ya sama aja boong . Pesan yang kedua, jatuh bangun itu biasa. Kecewa itu biasa. Tapi poin pentingnya adalah bagaimana tiap kita jatuh kita ingat buat bangun lagi.

Itu sedikit sharing dari MJ dan Bang Agus. Semoga bisa menjadi berkat dan ispirasi buat kita yaa

8

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Chance to Change

21


sharing

HOPEFUL

sharing man a l a g n e p

artikel

NOT

HOPELESS

Ada salah satu tradisi unik di luar negeri saat natal, yaitu menggantungkan beberapa buah kaus kaki

ikutan lomba

warna-warni di dekat tungku perapian, tujuan utamanya adalah saat keesokan harinya di dalam kaus kaki itu ada hadiah atau kejutan lainnya dari sinterklas. Unik juga yah, kalo dipikir, butuh segede apa tuh kaus kaki kalo kita mengharapkan hadiahnya televisi 100 inch atau kulkas 10 pintu.. hehehe.. Tradisi itu bukan untuk menggambarkan kalo mau hadiah harus punya kaus kaki yang super duper gede dan digantung di sisi

Jiwandono Agung (T.Industri 2010) Bulan september lalu Mas Jiwan(kita singkat jadi “MJ� aja ya hehe) ikutan lomba JFSAE di Jepang. JFSAE itu apa sih? Japan Formula Student Automotif Engineering adalah lomba pembuatan mobil dari desain sampe produk akhir. Lomba ini diikuti oleh anak mesin dan industri. MJ masuk di tim BIMASAKTI UGM yang terdiri dari 12 orang. MJ ada di bagian manajemen tim, tugasnya jadi fund riser, yang nyari dana mulai dari biaya pembuatan mobil samhpai keberangkatan ke Jepang. MJ bercerita, ikut lomba ini rasanya lebih berat dari ikut organisasi. Semua beban rasanya kayak ditanggung sendiri. MJ bersyukur banget, kalo bukan karena karena mujizat Tuhan semuanya nggak bakal berjalan lancar. Selama ikutan lomba ini, MJ belajar melatih iman dan pengharapannya sama Tuhan Puji Tuhan tim nya MJ berhasil meraih peringkat 22 dari 82 peserta yang mengikuti lomba ini. MJ mengaku bangga bisa ikutan kompetisi internasional dan meraih posisi di atas ITB.

perapian, tetapi itu menggambarkan sebuah pengharapan yang digantungkan. Sebuah harapan yang ingin didapatkan untuk hari esok, dan sebuah kejutan untuk mengisi bahkan mewujudkan harapan itu. Berbicara tentang harapan dan pengharapan, aku yakin pasti setiap kita punya sebuah bahkan lebih harapan yang telah lama diharapkan, atau baru akhir-akhir terpikirkan, apalagi masih dalam suasana natal, ditambah tahun baru ini, pastinya ada sejuta bahkan semilyar harapan yang dimiliki oleh seseorang, apapun itu, siapapun itu. Teman-teman, apa yang akan kalian lakukan, seandainya tak satupun dari sejuta bahkan semilyar harapan itu terwujud menjadi kenyataan di natal kali ini, tidak ada kemeriahan natal yang diharapkan, tidak ada momen untuk pulang ke rumah bertemu dengan orang tua melepas rindu, tidak ada keceriaan natal di dalam rumah, tidak ada ucapan dan hadiah natal yang kita terima, dan bahkan kita merasa natal tahun ini adalah natal yang terburuk sepanjang hidup kita, nggak usah ngomongin harapan deh, yang ada malah masalah yang selalu datang dan tidak pernah berhenti, sampai-sampai kita bilang “I Hate This Christmas !!!� Akankah kalian merobek-robek kaus kaki yang telah tergantung itu dan membakarnya hingga habis, atau kalian akan tetap membiarkannya tergantung manis di sana dengan terus meletakan tangan di dada dengan penuh harap?

20

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Chance to Change

9


mahasiswa Berprestasi Harapan yang tak terwujud memang pahit, tetapi lebih pahit lagi adalah saat kita tidak memiliki pengharapan sedikitpun. Harapan bukannya tidak terwujud, tetapi belum terwujud. Kalo kita ngomong tentang harapan bukan hanya melihat sesuatu yang baik saja, tetapi melihat sebuah proses, yang kadang dimulai dengan terpaan yang sangat menyakitkan, sampai-sampai kita berteriak 'STOP !!”, tetapi bukan pengharapan namanya kalo hanya berhenti di situ, karena dimulai saat itulah, saat kita membiasakan dan menguatkan diri untuk tidak berkata “Stop !!” kita sedikit demi sedikit namun pasti mendapatkan dan meningkatkan kekuatan kita, sehingga kita bisa bertahan dalam rasa sakit itu. Ada yang namanya ketekunan dan tahan uji, dan saat kita udah naik kelas ke level tahan uji itulah, cahaya pengharapan yang awalnya tidak terlihat sama sekali mulai terlihat sedikit demi sedikit. Dan yang aku tau yang namanya pengharapan dalam Tuhan itu tidak mengecewakan. Memang tidak mudah untuk memiliki pengharapan, tetapi tidak sesusah yang sama sekali tidak memiliki pengharapan, artinya manusia hidup harus selalu memiliki pengharapan, karena tanpa pengharapan hidup tiada berarti, dan tanpa ada yang berharap akan kedatangan Sang Mesias, Bayi di palungan itu tidak akan menjadi sebuah keajaiban. “Harapan ada sebelum hari esok dan takkan pernah berakhir setelah hari ini berlalu, karena yang namanya pengharapan akan selalu ada, sampai saatnya Tuhan memperbaharui pengharapan kita.” Apapun yang kamu harapkan di natal ini, tidak ada kata terlambat dan menyesal untuk harapan itu, nyalakan sebuah lilin, redupkan lampu kamarmu, dan di tengah cahaya lilin itu, naikanlah permohonan dan harapanmu kepada Bapa di surga melalui sebuah doa yang sederhana, saat kita tau begitu inginnya Tuhan mewujudkan harapan kamu sebagai bukti kasihNya kepadamu, saat itulah kita akan menjadi orang yang paling berpengharapan melebihi apapun. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita. Roma 5:5

10

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Syalom nama saya Beny Septian Pardede, Teknik Elektro 2011. Ini sedikit sharing saya tentang prestasi akademis saya di kampus. Saya selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap kegiatan saya termasuk dalam masalah pendidikan, karena saya mengetahui keterbatasan kemampuan saya, saya bukanlah seorang yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi atau kemampuan diatas rata-rata, saya hanya orang biasa. Yang saya tahu adalah Tuhan sangat menyukai orang yang mengandalkan Dia, Hal itulah yang membuat saya percaya untuk menyerahkan segalanya kepada Tuhan. Dimulai dari hal dasar seperti memulai belajar dengan berdoa, meminta pengertian kepada-Nya kemudian menutupnya juga dengan berdoa, berdoa membuat saya belajar lebih nyaman dan mudah memahami materi. Puji Tuhan, saya diberikan hadiah yang luar biasa dari Tuhan, lulus SNMPTN dan berhasil mendapatkan satu kursi di Electrical Engineering UGM, dan mendapatkan IP yang jauh diluar harapan saya. Banyak keluarga saya dan juga teman-teman saya yang mengatakan bahwa saya pintar, cerdas atau apalah, tapi saya selalu mengatakan “Saya tidak pintar”, mungkin mereka menganggap saya bohong atau rendah hati tetapi hal itu saya katakan karena memang saya tidak pintar, .

SEPTIAN PARDEDE

BENY

artikel

itu hanyalah berkat kasih Tuhan semata. ingat walaupun anda berdoa tetapi tidak diikuti dengan Usaha (Belajar), itu sama saja omong k o s o n g , Tu h a n t i d a k a k a n memberikan berkatnya kepada pemalas. Ingatlah Yusuf dan Daniel, mereka mendapatkan halhal yang luar biasa, apapun yang mereka kerjakan selalu disertai Tuhan kerena mereka berserah kepada Tuhan. Kej 39 : 23b “karena TUHAN menyertai dia dan apa yang dikerjakannya dibuat TUHAN berhasil.” Jika kita mengiringi Usaha kita dengan Doa, maka kita akan mendapatkan Hal yang luar biasa yang jauh diluar harapan kita.Tidak ada cita-cita yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah upaya yang tidak sesuai dengan tingginya citacita kita tersebut.

Pray Hard Work Hard Chance to Change

19


mahasiswa Berprestasi Syalom teman-teman PMKT. Sebelum masuk ke cerita lebih lanjut, aku mau perkenalan sebentar. Namaku Gerald Adityo Pohan, biasa dipanggil dengan nama Gerald. Aku dulu kuliah di program studi Teknik Mesin, jurusan Teknik Mesin dan Industri UGM angkatan 20xx. Puji Tuhan bulan Agustus kemarin aku baru aja menyelesaikan studiku. Saat ini aku sedang menjalani studi S2 program studi Teknik Mesin di UGM juga.

18

O Y T I D A D L A R GE POHAN

Aku ingin memberikan sedikit sharing mengenai apa yang aku dapatkan di PMKT dan aplikasi pada bidang akademik. Seringkali kita mendengar mengenai hidup yang menjadi berkat bagi orang lain, dan tentunya sebagai mahasiswa kita bisa menjadi berkat di bidang kita. Namun, sempat muncul dalam pikiranku, apa yang bisa aku lakukan dalam studiku agar menjadi berkat bagi orang lain? Salah satu jawaban yang akhirnya aku temukan dan bisa aku aplikasikan adalah pada saat aku berniat untuk mempublikasikan skripsiku di jurnal internasional. Aku termotivasi oleh dosen pembimbingku yang menceritakan pengalamannya pada saat mempublikasikan skripsinya di jurnal internasional. Mungkin aku berangkat dari motivasi yang salah, namun seiring dengan berjalannya waktu, aku menemukan sesuatu yang penting. Mengapa harus publikasi?Berangkat dari latar belakang penelitian itu sendiri,yaitu adanya suatu masalah yang terjadi sehingga diperlukan suatu studi untuk menyelesaikannya. Namun seringkali orang lain tidak tahu mengenai perkembangan penelitian yang ada karena tidak dipublikasikan. Apakah harus publikasi? Sebenarnya tidak, publikasi adalah salah satu cara agar penelitian kita bisa diketahui dan bermanfaat bagi orang lain. Cara lainnya adalah dengan mengaplikasikannya. Pada awalnya,aku mengalami kesulitan dalam menulis jurnal karena menggunakan bahasa inggris. Aku menyadari kemampuanku menulis masih kurang. Namun aku mencoba melakukan yang terbaik dan Puji Tuhan dosenku bersedia merevisi tulisanku. Setelah menunggu sekitar 2 bulan lebih, Puji Tuhan editor mengumumkan bahwa karya yang kami kerjakan diterima dengan beberapa revisi dan akhirnya dipublikasikan di jurnal internasional pada bulan Oktober. Melalui tulisan ini, aku ingin memotivasi teman-teman, terutama pada saat melakukan penelitian tugas akhir, untuk mulai berpikir agar apa yang teman-teman lakukan itu bisa bermanfaat bagi orang lain sehingga teman-teman sungguh-sungguh dalam mengerjakannya.

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Profil dan sharing

Panggilan : bg sam, samyog, samuch Jurusan/agtkn : T.Fisika 2009 Tempat/tgl lahir : Jakarta, 3 Agus 1991 Hobby : Buat lagu, Design Pelayanan : KPPA Sammy.yoga@gmail.com @samyyp Syalom bg Sam, apa kabar nih...??? Kabar baik.... Lagi sibuk apa nih sekarang bg? Mendampingi sih sekarang. Mendampingi kesendirianku..hehehe...... XD, eh... bukan, lagi sibuk mendampingi kepengurusan sama panitia natal, sama rencana KP sem.depan. Mang sekarang terlibat dalam pelayanan apa bg? Sekarang aku melayani dikomisi yang banyak mikirnya sih...., untung belum botak, tapi ubanan udah. Hehehehe...., ya sekarang aku melayani dikomisi Penelitian Pengembangan dan Alumni. Mungkin teman-teman pernah dengar tentang HRD ya, hmmmm.... yang belum tau, itu loh yang salah satu kerjanya memikirkan kinerja pekerja supaya hasil produksi atau hasil proses menjadi lebih baik. Ya, kira-kira kerjanya miriplah dengan KPPA ini. Kalo KTBnya gimana bg? Dari KTB besarku dulu aja kali ya...., Aku bersama dengan Willy Ater Gultom telah bersama-sama berKTB selama kurang lebih 3 tahun. Bersyukur sih akhirnya, kami sekarang sudah ada yang memimpin lagi, soalnya beberapa bulan yang lalu, PKTB kami lulus dari UGM, dan kembali ketempat asalnya. Ka Chris, S.T TF 2007. Sekarang kami berdua dipimpin oleh bg Naek Marganda, S.T TE 2006. Akhirnya bisa sharing lagi, bisa bahas firman Tuhan lagi bareng-bareng, yah bisa tumbuh bareng-bareng lagi.Trus, KTB kecilku...., Aku bersyukur banget bisa punya kesempatan untuk memimpin kelompok kecil, adik-adik KTBku ini, membuatku teringat

waktu jaman aku diperhatikan sama bg Chris.... Ternyata pergumulan seorang PKTB itu, manismanis asem....hehehhehehe..... Maksudnya, dulu aku suka beralasan untuk mengundur pertemuan KTB tanpa memikirkan kesibukan yang lain. Nah, sekarang aku bisa merasakan pergmulannya untuk mempertemukan semuanya. Cuman sekarang, bedanya AKTBku jauh lebih bersemangat daripada aku, dibandingkan aku waktu jadi AKTB dulu. Trus, tentang memperhatikan, ada tekniknya juga loh...., Nah, aku mengerti itu saat aku menjadi PKTB. Yah, ada banyak sih pelajaran yang kudapat, bukan berarti menjadi PKTB itu adalah jalan potong untuk bertumbuh, kita tahu, itu juga adalah teladan sekaligus amanat agung. Asseeeeeeekkkk,.. dah mau natal kan ni bg, kegiatan abg sekarang, apa aja menyambut natal? hmm..... ga ad.... :D Soalnya dah tahun ke-4, jadi ga kayak dulu lagi, pas tahun-tahun pertama, yang mikirin blanja bajulah, apalah... hehehehhehe, soalnya juga lagi sibuk mikirin KP itu sih... Oh, iya.... dah tau belum bg tema buletin kali ini? Belum... Tema buletin kali ini, Chance to Changes bg, hmm.... kira-kira sekilas apa yang dipikiran abg tentang tema itu? Obvious banget kayaknya....., hmmm... aku kasih contoh....perubahan bukan hanya dari pemikiran kita sendiri, tapi juga dari waktu yang kita dapat dari Tuhan.perubahan bukan hanya dari pemikiran kita sendiri, tapi juga dari waktu yang kita dapat dari Tuhan.

Chance to Change

11


komik

Profil dan sharing Misalnya ni, ada masalah, ga melulu penyelesaiannya langsung berbicara sama teman yang bermasalah dengan kita.Kadang perlu orang lain, atau suasana, dan itu adalah kesempatan. Trus, eh... juga tentang pengembangan diri , aku terpikir sama pengembangan diri diorganisasi yang kita ikuti. Mau sengaja diikuti atau gak sengaja, dua-duanya itu kesempatan menurutku. Hmm..... apa lagi ya??? Jika dikaitkan sama natal, kira-kira tema itu ada hubungannya ga bg? Ada, Yesus adalah kesempatan untuk berubah kan? Kalo kita ingat-ingat pelajaran jaminan keselamatan, manusia itukan jatuh dalam dosa, trus hidupnya cuman untuk mati, ya.... lahir trus hidup 60-80 tahun, trus mati.... hmmmm, itu karena kehilangan kemuliaan Allah sih,..... tapi, bersyukur banget Allah itu maha adil dan maha kasih, Dia memberikan kesempatan manusia untuk bisa mengembalikan keadaannya seperti semula. Yaitu, memiliki kemuliaan Allah,... Dengan cara apa??? Ya, yang sekarang kita sebut natal inilah caranya. Yesus adalah satu-satunya jalan yang kita tahu dan kita imani untuk menuju pada keselamatan. Truss, ini perubahan donk... dari yang tadinya kita itu mati, kemudian kita hidup. Dah. .Wow... Super skali ya. Trus, harapan natalnya apa bg? Hmmm, apa ya harapannya?, sejujurnya aku belum memikirkan sih harapan natal untuk tahun ini, tapi karna diwawancarai ni jadi mikir..hehehhehe. tentang perubahan sih, mulut emang mudah mengatakan perubahan, ini....itu.... kebanyakan baik, tapi, untuk mengerjakannya, butuh konsistensi dan kesadaran diri. Dan saat ini aku berpikir untuk terus membenahi diri. Ditahun keempat ini, aku merasa sudah saatnya menjadi teladan, dan harapanku ya itu.... untuk menjadi teladan itu.

12

Oh iya, harapan ini bukan hanya untuk diriku lohhhhhhh... aku juga berharap untuk semua anggota persekutuan, bisa melihat teladan Yesus dan mulai sadar untuk meneladaniNya. Itu harapanku. Kebanyakn baik, tpi, utu mengerjkannya, butuh konsistensi dan kesadaran diri. Dan saat ini aku terfikir utk terus mmbenahi diri. Ditahun keempat ini, aku merasa sudah saatnya mnjadi teladan, dan harapanku ya itu..... untkuk mnjdi teladan itu. Oh.....iya, harapan ini bukan hnya utk diriku lohh, juga berharap utk semua anggota persekutuan, bisa melihat teladan Yesus dan mulai sadar untuk meneladaniNya. Itu harapanku.. oh iya, 1 lagi Menurut kalian, PMKT itu kesempatan ga sih??? (hening...) aku berharap, PMKT UGM ini, benar-benar bisa mewadahi teman-teman sekalian, yang mau bertumbuh dalam iman. Ada banyak fasilitas yang bisa dipergunakan disini, ada Griya, trus, kita punya buku-buku juga buat belajar, kemudian ada acara yang bisa membantu kita untuk memperdalam iman kita dan hubungan kepada Tuhan. Ada PD, ada PU (estuf), ada RTG buat teman-teman yang dah mikirin kehidupan setelah berkuliah, trus yang paling menolong untuk bertumbuh adalah KTB Wah.. seru nih kayaknya.... ada titipan ucapan natal ga bg? Pertama aku mau ngucapin slamat natal ni buat yang wawancarain aku... com..com.. (redaksi:komkom), hmmm... KTB besarku dan KTB kecilku..., dan semua yang baca deh.... Salam perubahan ya!!!!!!!!! Dan selamat Natal buat Panitia Natal 2012 PMKT! makasih banyak ya buat pelayanannya..jadi kita bisa sama-sama ngerayain Natal di PMKT Jangan jemu-jemu ya untuk melayani di PMKT! Ok.. thankyou bg sam, hehehehe

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Chance to Change

17


inside us

cerpen Di apartemennya, Entah mengapa kata-kata Ucok tadi siang terus mengganggu pikirannya.. Lo gak kangen? Sama Tuhan Yesus.. Kangen? Lucu pikirnya. Ia mencoba tertawa ketika pikirannya menganggap pertanyaan itu lucu. Namun yang ada ia malah tiba-tiba mengeluarkan air mata. Punggungnya bersandar pada pintu kamarnya ketika ia mulai meneteskan air mata. Ia mencoba sekuat hati menahan emosi yang serasa akan tumpah. Tapi itu sia-sia.. Air matanya tidak dapat lagi dibendung. Saat ini ia tidak dapat lagi membohongi dirinya. Pertanyaan sederhana itu begitu mengena dalam hatinya. Ia merindukan-Nya. Sangat merindukan-Nya.Semua ingatannya berputar kembali ke saat di mana ia merasa dikecewakan. Saat di mana ia berusaha sekuat tenaga membereskan luka hatinya sendiri. Ya, sendiri.. Saat ia memutuskan tidak akan pernah lagi percaya bahwa Tuhan itu ada. Dulu luka itu terasa jauh lebih baik jika ia menutupnya dengan penyangkalan itu. Namun tangisnya, kerinduannya, kehangatan yang menyentuh hatinya, seketika itu juga meruntuhkan pertahanan logikanya. Ia lelah, lelah dalam penyangkalannya. Dalam tangisnya, Destin hanya sanggup berucap “Aku merindukan-Mu Tuhan.. Ampuni aku… ampuni aku.. Aku merindukan-Mu..” Karena sesungguhnya jiwanya tahu, semua tak akan pernah sama tanpa kehadiran-Nya. “Aku akan pergi pulang ke tempat-Ku, sampai mereka mengaku bersalah dan mencari wajah-Ku. Dalam kesesakannya mereka akan merindukan Aku.” – Hosea 5:15 Sesering apa kita kecewa dengan peristiwa yang terjadi dalam hidup kita? Seringkali kita kecewa karena kenyataan yang ada di hadapan kita dan kekecewaan itu membuat kita tidak melihat Kasih-Nya, Janji-Nya, dan Rancangan-Nya, jangan biarkan kekecewaan menguasai kehidupan kita dan menghancurkan segalanya. Semua perkara Ia rancangkan untuk hari depan yang indah.(Yer 29:11)

PMKT Mengajar SD Bopkri Temon adalah SD binaan PMKT yang ditangani oleh Komisi Misi. SD ini terletak di Kabupaten Kulonprogo, Kec. Temon, jogyakarta. SD ini merupakan SD swasta Kristen yang muridnya berjumlah kira-kira 50 orang. Program ini dimulai pada bulan April 2012. Kelas pengajaran dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas kecil (kelas 1-3) dan kelas besar (kelas 4-6). Samapi saat ini, tim pengajar bersama tim komisi misi berjumlah 12 orang. Materi yang diajarkan juga beragam. Bahasa Inggris, Komputer, higga bidang keteknikan (Kreatifitas), termasuk musik, pembuatan roket air, rangkaian listrik, listrik statis, dll. Komisi Misi mengakomodasi dan memfasilitasi siapapun yang berminat mengajar murid-murid SD ini. Di sini, kita bisa belajar berkomunikasi, mengatasi anak-anak yang bandel (haha), menjadi guru yang baik bagi anak-anak itu, sekaligus berlatih untuk memberikan waktu, tenaga, dan pikiran kita pada mereka yang membutuhkan. Nah bagi teman-teman yang memiliki kerinduan untuk bersama-sama mengajar di SD ini, silahkan hubungi Tim Komisi Misi. Ada Yosoa (TA'10)... mm, apa ya yang dirasain sama tim-pengajar SD Temon? Trus, pesannya buat PMKT'ers apa ya? Yuk kita lihat..so cekidott

16

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Aderay (TGd'2009) : Ngajar di SD temon semacam motivasi buat aku. Mereka anakanak yang cerdas , mau belajar, dan selalu bersemangat. Yah, untuk level anak-anak sih kenakalannya masih bisa di toleransi sih ya.. Pesan untuk PMKT'ers : mungkin untuk ke depanya guru-gurunya bisa lebih bervariasi, jangan itu-itu aja. Yukk, PMKT'ers jadi berkat terus.. Ryan(TM'2010) : ya, banyak pengalaman sih yang di dapet disana. Ga cuman ngajarin mereka, tapi kita juga belajar namyak dari mereka, mulai dari mensyukuri apa yang kita punyai,dll. Bisa jadi ajang untuk ngelatih kesabaram juga kalau ngajar anak-anak disana, dapet pengalaman gimana caranya bikin anak kecil biar nurut. Pesan : ayooo PMKT'ers ikutan ngajar.. ! seru lohh ! Ria (PWK'2009) : luar biasa! Ketemu adikadik yang super dan punya banyak adik-adik baru, keceriaan dan kebandelan mereka menciptakan ruang dan semangat tersendiri di hati. Pesan : pertahankan pelayanan buat SD Temon..God leads.. Adriani(TI'2009) :Wah..kesan dan pesannya banyak banget aku..mengajar anak kecil lugu polos itu adalah tantangan. Tapi puji Tuhan meeka anak-anak yang luar biasa. Segala kenakalan mereka kuanggap sebagai semangat buatku. Pesan : tingkatkan terus semangat pelayanannya, ini juga bagian dari penginjilan(kol 3:23) :D

Chance to Change

13


inside us

Tak Akan Pernah Sama

cerpen

“Gua udah enggak percaya lagi kalo Tuhan itu ada Cok..” Ucok masih mengingat jelas kata-kata terakhir yang diucapkan Destin sahabatnya. Saat itu ia mencoba menguatkan dan menyadarkan Destin dengan segenap kata-kata yang dapat ia ungkapkan. Tapi hasilnya Destin tetap diam, teguh pada pendiriannya. Peristiwa ayah ibunya yang tiba-tiba dibunuh oleh para perampok membuat dia kehilangan kepercayaan bahwa Tuhan itu ada. Selama ini ia merasa percuma melayani Tuhan yang ternyata membiarkan kejadian buruk terjadi dalam hidupnya. Ia kecewa. Sangat kecewa. ** Pikir Ucok. “Eh kita makan siang bareng yuk!” — Makan siang mereka hari itu diwarnai canda tawa dan saling tukar informasi. Terbukti Destin memang telah menata hidupnya kembali dengan baik. Ia telah mendapat pekerjaan di perusahaan asing dan kini ia tinggal di sebuah apartemen bersama dengan adiknya. Mereka masih nyaman bercakap-cakap hingga akhirnya, “Lo gereja di mana Tin?” Ucok bertanya tentang hal yang ia anggap biasa.”Gereja? Ngapain?” Destin tertawa menjawab pertanyaan Ucok. “Lo gak inget ya cok, kalo gua udah enggak percaya Tuhan itu ada?” Destin kembali melanjutkan kalimatnya “Dan lo tau gak, selama dua tahun ini, gua banyak ketemu sama orang-orang yang ternyata sepikiran sama gua. Maaf..” .Ucok terdiam mendengar kata-kata Destin yang terdengar cukup tajam di telinganya. “Lagipula..” Destin tiba-tiba melanjutkan perkataannya. “Kalo Tuhan itu ada, Dia enggak akan membiarkan kedua orangtua gua meninggal secara sadis kayak gitu… Kalo Dia bener-bener ada bukannya Dia Allah yang penuh kasih?” Destin kemudian mengaduk minumannya dan tidak melihat ke arah sahabatnya itu. “Bukan.. Bukan seperti itu.. ” Ucok mencoba menyanggah pernyataan Destin. “Kalo Tuhan itu ada Dia enggak akan membiarkan kita mengalami kematian ke-2 karena dosa. Dan nyatanya Dia emang turun ke dunia dan nebus dosa kita supaya kita bisa dapet hidup yang kekal.. Itu kasih-Nya” “Yeah whatever… ” Destin menanggapinya acuh.. “Emangnya lo enggak kangen?” Destin setengah terbahak mendengar pertanyaan Ucok “Kangen? Kangen sama apaan? Sama rutinitas pelayananan yang buang-buang waktu dan gak digaji itu? sama kegiatan ke-Kristenan yang kurang kerjaan?” Ucok terdiam sesaat mendengar tanggapan Destin yang masih saja sinis. “Bukan..” “Sama Tuhan Yesus.” Lanjut Ucok. Kini giliran Destin yang terdiam. ***

14

Buletin PMKT edisi Desember 2012

Chance to Change

15


Buletin PMKT UGM EDISI semester 1  

PMKT=persekutuan Mahasiswa Kristiani teknik

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you