Page 3

PENINJAUAN ARAHAN DOKUMEN PERENCANAAN NASIONAL

RPJP Nasional

RENCANA UMUM TATA RUANG

RENCANA RINCI TATA RUANG

RTRW Nasional ✔

RTR Kepulauan

RPJM Nasional

PROVINSI KABUPATEN/ KOTA

HIERARKI DOKUMEN

PERENCANAAN

\ RENCANA PEMBANGUNAN

RTR KSN Borobudur ✔

RPJP Provinsi

RTRW Provinsi ✔

RTR KSP

RPJM Provinsi ✔

RDTR Magelang

RPJP Kabupaten

RTRW Kabupaten Magelang ✔

RPJM Kabupaten Magelang✔

RTRW Kota

RTR KSKab RDTR Kota RTR KSK

PENINJAUAN KONDISI EKSISTING Industri dan Jasa Spasial

Sarana dan Prasarana

Industri dan Jasa - Aspasial

“Kondisi sarana dan prasarana di Kecamatan Mungkid dan Mertoyudan masih belum optimal”

Meski memiliki potensi pertumbuhan sektoral yang baik untuk Kecamatan Mungkid, baik sektor jasa-jasa maupun sektor industri pengolahan belum mampu menjadi sektor basis untuk Kecamatan Mungkid dan pertumbuhan kedua sektor tersebut memiliki pertumbuhan yang dibawah pertumbuhan sektoral Kabupaten Magelang. Dengan demikian, secara aspasial, sektor jasa-jasa dan industri pengolahan belum mampu untuk mendukung PKL Kawasan Perkotaan Mungkid.

Kawasan Perkotaan Mungkid sebagai Pendukung Desa Wisata dan Wisata Budaya Menurut RIPPARDA 2014-2034, indikasi program pengembangan desa wisata di sekitar Borobudur yaitu mengembangkan sarana prasarana wisata penunjang desa wisata sesuai dengan ketentuan dalam tata ruang wilayah Kabupaten Magelang.

Menurut RTRW Kab. Magelang, Desa paremono sudah termasuk sebagai Sub Kawasan Pelestarian-1 (SP-1) KSN Borobudur, namun situs makam ageng paremono di Desa Paremono belum ditetapkan sebagai destinasi wisata ziarah Magelang

Potensi desa-desa selain Desa Wisata Mendut (Desa Progowati, Kelurahan Sawitan, Desa Ngrajek) yang dapat dijadikan Desa Wisata di Kecamatan Mungkid untuk mendukung KSN Borobudur.

Industri di Kecamatan Mungkid dan Borobudur sudah cukup berkembang, terbukti dengan adanya kegiatan ekspor ke beberapa negara seperti Eropa, Amerika, Korea, dan Arab Saudi. Jenis industri yang dikembangkan di kedua kecamatan tersebut juga beragam, mulai dari industri makanan, kerajinan, penggergajian kayu, furnitur, dan souvenir.

Transportasi Kecamatan Mungkid belum memenuhi fungsinya sebagai simpul transportasi dengan tidak adanya terminal penumpang, terminal barang, dan stasiun, serta tidak adanya arahan mengenai halte penumpang.

Presentasi Fakta dan Analisis: Kawasan Perkotaan Mungkid  
Presentasi Fakta dan Analisis: Kawasan Perkotaan Mungkid  
Advertisement