Issuu on Google+

Mont blanc

TIMELESS DESIGN, TRADITION & CRAFTMANSHIP

PROFILE NADYA MULYA DINI SOEKARYO Fabian Gelael

maudy koesnaedi

“saya ini banyak maunya!”

Mind 440

Your Freedom to hear

delicious

SAJIAN NASIONAL STANDAR INTERNASIONAL

life is beautiful

MATA MELIHAT TELINGA MENDENGAR IV / 2010

1


2

IV / 2010


IV / 2010

3


foreword

KEBEBASAN YANG PENUH MAKNA

T

idak terasa INSIGHT edisi IV kembali menyapa ANDA para pembaca tercinta. Tidak terasa pula waktu terus berjalan dan sekarang sudah sampai di pertengahan tahun 2010, yang merupakan bulan sarat makna. Sejak awal bulan, sebagian masyarakat Indonesia yang beragama Islam, sudah menjalankan ibadah puasa. Walau jatuh di saat “puasa”, tidak lama lagi seluruh masyarakat Indonesia akan memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke 65, dan menyambut datangnya Idul Fitri. Semuanya itu mengacu pada satu kata kebebasan. Puasa berarti bebas dari hawa nafsu, Hari Kemerdekaan berarti bebas dari tekanan bangsa lain, dan Idul Fitri bebas dari “dosa” karena di saat itu, bagi yang menjalankan kembali fitrah. Kebebasan… sebuah kata dengan makna yang menyenangkan namun sebenarnya punya makna yang sangat luas dan dalam. Bebas berarti terhindari dari segala bentuk tekanan yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, tidak aman. Bebas bukan berarti bisa melakukan segala hal sekehendak hati, bebas berarti bisa melakoni hidup ini tanpa tekanan dari luar tanpa merusak hidup orang lain. Inilah yang secara tersirat menjadi benang merah segala artikel yang ada di INSIGHT edisi IV. Kami sajikan aneka kaca mata yang akan membuat aktifitas membaca dan melihat menjadi tidak terganggu. Tidak hanya berkualitas tetapi memiliki nilai yang estetis. Bisa Anda nikmati di halaman (hal. 32). Agar bebas dari kesulitan mendengar, ada alat bantu dengar yang dibuat sedemikian rupa sehingga bisa memperjelas seseorang menikmati suara, tanpa mengurangi nilai penampilan (hal. 14). Agar bebas dari segala penyakit, kami sajikan tulisan mengenai aneka buah yang sarat akan vitamin dan anjuran untuk melakukan pemeriksaan laboratorium agar Anda dapat mendeteksi gejala-gejala abnormal yang terbaca dari hasil pemeriksaan tersebut.(hal. 18) Atau, berbagai produk-produk kesehatan yang bisa membantu Anda menjadi manusia yang lebih sehat. Selain itu, Anda pun bisa terbebaskan dari segala kerepotan dalam menyediakan hidangan Idul Fitri lewat artikel sajian bulan ini dari Sate Khas Senayan (hal. 40) Di INSIGHT edisi ini kami juga ditemani oleh Maudi Kusnaedi (hal. 22) yang bercerita tentang kehidupan dan kegiatannya akhir-akhir ini. Dilengkapi pula dengan cerita Nadya Mulya (hal. 26), Fabian Gelael (hal. 28), dan Dini Soekaryo (hal. 30) di rubrik customer profile yang bercerita banyak tentang kegemaran mereka. Last but not least, kami telah menerbitkan kartu garansi Optik Melawai yang baru, sebagai bagian dari usaha kami untuk selalu memberikan pelayanan yang memuaskan. Kartu garansi ini bertujuan untuk menjamin agar setiap pembelian lensa di Optik Melawai, sesuai dengan pesanan Anda (hal. 8). Akhir kata, Segenap Tim Redaksi INSIGHT mengucapkan Selamat menunaikan Ibadah Puasa, dan Selamat Idul Fitri 1431 Hijriah, Mohon Maaf Lahir & Batin. Salam hangat Tim Redaksi.

4

IV / 2010

Executive Editors: Ferdinand Natan Budi P. M. Y. Dewiyanti Lavinia Siswandi

Email Promosi & Iklan:

insight@melawai.com toll free: 0800–1–MELAWAI (6352924) website: www.optikmelawai.com

Diterbitkan oleh:

Optik dan Apotik Melawai

Bekerja sama dengan: PT LIVIMBI Komp. Rukan Griya Sunter Jl. Griya Utama, Sunter Blok A. No. 6–11 Jakarta 14350

KONtributor:

Anton Diaz Ijoel Rangkoto Wingky Hariono Halim Marsio Juwono Rahmad Gunawan

Artistik:

Aditya Nugraha

cover

Fotografer: Marsio Juwono Penata Gaya: Wingky Busana: Sebastian Gunawan Rias Wajah & Rambut: Philipe Kurnia & Tedza Sunglasses: Chopard - S CH SCH754 08MZ 60. Rp5.455.000,00


IV / 2010

5


IV/2010 32

28

10 46 14 08 Mind 440

04 FORward 08 YOUR EYES ONLY l Juicy Couture:

Your Freedom to hear

Sensasi Kemewahan Juicy Couture l Kartu Garansi Optik Melawai l Aquasoft Unidose: Praktis, higienis dan aman

10 YOUR EYES ONLY

Optik Melawai Plaza Senayan 14 HEAR A PIN DROP Mind 440, Your Freedom to hear 16 HEAR A PIN DROP Saat Merdu tak Terdengar 18 HEALTHWISE

Sehat Berkat Buah

22 COVER STORY Maudy dan Pilihannya 26 Profile Costumer Nadya Mulya Bukan

Pelengkap Penampilan

6

IV / 2010

Khas Kacamata

Internasional

44 STATE OF ART The Crystal Art 46 DO YOU KNOW Montblanc: Timeless

Design, Tradition & Craftmanship

48 BUY IT l Toye

Sekadar

28 Profile Costumer Fabian Gelael Sepi Lebih 30 Profile Costumer Dini Soekaryo Keunikan

32 STYLE Kemeja Batik 38 LEISURE Ketika Rindu Berbicara 40 delicious Sajian Nasional Standar

Nikmat

l

l Health Supplement Alat Kesehatan l Oral

51 HEALTHWISE Lebih Sehat Setelah 56 EVENT 60 we hear you 62 party 64 store location 66 quiz

Berpuasa

Mampu mendengar lebih jelas. Mendengar adalah sa足lah satu bentuk komunikasi yang penting. Karena bila kita bicara, na足mun tidak mendengar ataupun di dengar, maka proses komunikasi tersebut belumlah sempurna.

30


IV / 2010

7


your eyes only

Juicy Couture Sensasi Kemewahan Juicy Couture

M aximalism is back! Saatnya Anda memanjakan diri dengan

penampilan yang bukan hanya serasi, tetapi juga memukau dengan detail yang mewah pada koleksi terbaru sunglass Juicy Couture. Dengan gaya yang atraktif dan berkarakter, Juicy Couture telah berhasil memadukan elemen – elemen fashionnya ke dalam sebuah bentuk sunglass, yang kini bisa Anda dapatkan di Optik Melawai.

Kartu Garansi Optik Melawai

When Assurance is Priority And A Promise Needs A Leverage

Sebagai bagian dari pelayanan untuk memuaskan setiap pelanggan, saat ini Optik Melawai mengeluarkan kartu garansi terbaru, untuk menjamin setiap lensa yang dibeli di Optik Melawai telah sesuai dengan pesanan. Kartu garansi ini akan memuat data pelanggan, resep ukuran lensa, jenis frame yang dibeli serta lama masa garansi yang diberikan. Untuk pengguna lensa Essilor dan Hoya akan mendapat garansi 2 tahun dan untuk lensa lainnya akan diberikan masa garansi 1 tahun. Garansi ini berlaku untuk coating setiap lensa yang dibeli di Optik Melawai.

Praktis, higienis dan aman Aquasoft Unidose adalah multipurpose solution untuk lensa kontak, dengan fungsi mencuci, membilas dan merendam. Praktis dibawa bagi Anda yang menggemari travelling, higienis karena proses pengemasan antara solution dan botolnya menjadi satu dan aman bagi pemakai lensa kontak yang memiliki mata sensitif karena tidak me­ ngandung zat pengawet. Cairan sekali pakai ini bisa Anda dapatkan di Optik Melawai.

8

IV / 2010


IV / 2010

9


your eyes only

Optik Melawai Plaza Senayan naskah & FOTO ANTON DIAZ

10

IV / 2010


O

ptik Melawai Plaza Senayan kini telah menempati lokasi baru di lantai II, dengan interior baru yang mengusung gaya modern minimalis. Desain ruang yang terbuka bertujuan agar tercipta komunikasi yang dekat dengan para pengunjung dalam melakukan pemeriksaan mata, pemilihan kacamata, serta konsultasi seputar kesehatan mata.

Desain rak terbuka dengan koleksi kacamata yang lengkap, memudahkan tiap pengunjung untuk melihat langsung serta berkonsultasi dalam pemilihan kacamata dengan tenaga profesional Optik Melawai

Ruang pemeriksaan mata yang terbuka memberi kesan lapang dan modern, sehingga setiap pelanggan akan merasa nyaman. Penempatan gondola pada area publik, menjadi aksentuasi yang memberi sentuhan hangat dan bersahabat. Perpaduan warna abu-abu, krem, ungu muda dan juga penempatan cermin-cermin dalam berbagai ukuran menghadirkan nuansa baru dalam sebuah optik. Di Optik Melawai Plaza Senayan, Anda bisa

IV / 2010

11


your eyes only

menemukan berbagai macam koleksi kacamata terbaru dari Gucci, Dior, Chopard, Montblanc, Bottega Vene足 ta, Balenciaga, Marc Jacobs, Hugo Boss, Ermenegildo Zegna dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu, di sini Anda juga bisa melakukan pemeriksaan mata secara cuma-cuma, serta berkonsultasi seputar kesehatan mata. Bila Anda pengguna lensa kontak, berbagai macam lensa kontak bisa Anda dapatkan. Temukan suasana baru dalam dunia kesehatan mata, dengan me足 ngunjungi Optik Melawai di Plaza Senayan. Optik Melawai Plaza Senayan Lt II unit 266 C & 268 C. Telp (021) 5725260.

12

IV / 2010

Koleksi kacamata yang bervariasi untuk melengkapi penampilan Anda, sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan Anda sehari-hari.


IV / 2010

13


hear a pin drop

Mind 440

Your Freedom to hear

14

IV / 2010


Mampu mendengar lebih jelas. Mendengar adalah sa­lah satu bentuk komunikasi yang penting. Karena bila kita bicara, na­m un tidak mendengar ataupun didengar, maka proses komunikasi tersebut belumlah sempurna. Bayangkan bila kita berbicara tanpa didengarkan, maka apa yang ingin kita sampaikan tidaklah tersalurkan.

T

Spesifikasi Dengan fitur dual ISP yang inovatif, Mind 440 memiliki relaxation program, verbal messaging system juga dilengkapi dengan teknologi ClearBand.

elinga adalah indera pendengar yang berfungsi untuk menangkap in­f or­m asi yang di­ha­sil­kan oleh suara. Namun bila fungsi itu tidak berjalan dengan baik, tentu kita akan kesulitan dalam menangkap informasi yang hendak disampaikan. Kondisi seperti ini disebut sebagai penurunan atau kehilangan pendengaran. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan Alat Bantu Dengar. Kini, telah hadir Alat Bantu De­ ngar Mind 440 dari Widex, dengan inovasi terbaru bagi penderita gangguan pendengaran untuk kemampuan mendengar yang lebih baik. Dengan fitur dual ISP yang inovatif, Mind 440 memiliki relaxation program, verbal messaging system dan juga dilengkapi dengan teknologi ClearBand. Relaxation program memungkin­ kan Anda untuk mendengar dan juga mengatur nada-nada harmonis saat bersantai melalui Zen Program. Verbal messaging system memungkin­ kan kita untuk mendengar informasi kondisi alat, misalnya saat bate­ rai melemah. Teknologi ClearBand memberikan kejernihan dan kejelasan suara juga pemahaman pembi-

caraan yang lebih sempurna. Mind 440 tersedia dalam berbagai model mulai dari BTE (behind the ear), CIC (completely in canal) dan ITE (in the ear), dan pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan keinginan pemakai. Jadi… Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera. Agar pendengaran Anda tidak terganggu, maka sudah patutnya Anda menjaga indra pendengaran Anda, karena menjaga jauh lebih baik dari pada mengobati. Namun, jika kondisi terburuk sudah terlanjur dialami, sebaiknya cari jalan keluar yang paling praktis dan efisien. Salah satunya dengan berkonsul­ tasi pada profesional. Ini merupa­k an solusi yang terbaik jika meng­alami masalah dengan pendengaran. Selain ke dokter spesialis THT mengunju­ ngi Pusat Alat Bantu Dengar Melawai bisa jadi salah satu jalan keluar yang sangat tepat karena di sini Anda dapat melakukan segala macam pemeriksaan bagi setiap masalah pendengaran. Sesuai dengan kebutuhan dan masalah pasien tentunya. De­ ngan mendatangi klinik alat bantu dengan yang terpercaya seperti Pusat Alat Bantu De­n gar Melawai, niscaya peluang untuk mengembalikan pendengaran sebaik semula akan terwujud.

IV / 2010

15


hear a pin drop

SAAT MERDU TAK TERDENGAR

Mendengar berarti mengerti, mendengar berarti bisa berkomunikasi Naskah Anton Diaz Foto dokumentasi Clara Magazine

K TIPS MENJAGA PENDENGARAN Menjaga kesehatan secara menyeluruh, terutama dari penyakit yang potensial menyebabkan gangguan pendengaran. Bijaksana dalam memilih obat-obatan, serta menghindari obat yang bersifat ototoksik. Menjaga pola makan sehat dengan diet yang tepat. Menghindari paparan bising, dan menggunakan pelindung telinga bila harus berada dalam lingkup tersebut. Membersihkan telinga dengan cara yang higienis dan aman. Berolahraga secara teratur untuk memperlancar metabolisme.

16

IV / 2010

etika bangun di pagi hari, saat itulah semua indra kita mulai bekerja. Mata melihat ke luar rumah, teli足 nga mendengarkan bunyi jam weker, tangan merapikan tempat tidur dan merasakan sentuhan lembut di bantal, membuat kita bersyukur pada anugerah Ilahi. Dengan indera juga, kita bisa melakukan kegiatan dan bekerja. Namun, saat salah satu indra tersebut tidak berfungsi semestinya, sudah sebaiknya kita mencari jalan keluarnya. Bagaimana bila kita tidak bisa melihat keindahan? Bagaimana bila kita tidak dapat mendengarkan suara merdu? Salah satu indra yang penting adalah indra pendengaran. Melalui pendengaran, kita bisa mengerti dan memahami maksud yang hendak disampaikan oleh orang lain dalam berkomunikasi. Namun saat indera pendengaran ini mengalami gangguan, apakah yang akan Anda lakukan? Pada umumnya gangguan pendengaran ini terjadi secara berangsurangsur, mulai dari tahap tidak dapat mendengar bisikan-bisikan, suara yang lemah, misalnya suara anak-anak dan wanita, hingga tidak memahami pembicaraan orang lain karena terdengar seperti gumanan saja. Selain melalui tahapan, ada juga yang dise-

but dengan sudden deafness atau ketulian mendadak yang diakibatkan oleh iskemia atau stroke telinga. Kondisi ini umumnya terjadi secara unilateral atau sebelah telinga saja. Berbagai kondisi gangguan pendengaran ini terjadi oleh banyak penyebab. Untuk menghindarinya, akan lebih baik bila kita mengerti hal-hal yang menyebakan gangguan pende足 ngaran, seperti infeksi telinga yang disebabkan dari flu, ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas), rubella, malaria, diabetes, stroke, serta obatobatan misalnya kina, aspirin dan beberapa jenis antibiotika. Selain itu, gaya hidup yang rentan oleh paparan suara bising juga perlu dihindari, seperti mendengarkan musik terlalu keras. Faktor usia dan juga trauma akibat benturan keras di kepala juga hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Saat mengalami gangguan pende足 ngaran, tetapkan solusi terbaik untuk mengatasinya. Melakukan konsultasi dengan ahlinya, sangatlah penting. Salah satunya adalah Pusat Alat Bantu Dengar Melawai, yang juga menyediakan berbagai alat bantu dengar berkualitas dari merek terkenal, dengan berbagai model seperti BTE (Behind The Ear), ITC (In The Canal) dan CIC (Completely In the Canal), yang dapat memudahkan pengguna memilih sesuai dengan kebutuhan.


IV / 2010

17


healthwise

B

uah punya khasiat yang sangat besar bagi tubuh. Namun ada buah yang punya kelebihan dibandingkan dengan buah lainnya. Termasuk buah yang ada dalam tulisan ini.

Salak

Salak merupakan salah satu buah tropis yang banyak diminati oleh orang Jepang, Amerika, dan Eropa. Buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan dapat dikonsumsi sebagai buah segar maupun diolah sebagai manisan. Daging buah ini mengandung kalsium, tanin, saponin, dan flavonoida. Salah satu manfaat dari buah salak adalah sebagai obat diare.

Plum

Buah Plum atau prune mengandung ferulid acid yang memiliki senyawa antikanker. Menurut penelitian, apabila zat ini banyak dikonsumsi, maka dapat membantu menurunkan resiko kanker usus. Buah ini juga mengan足 dung hydroxycinnamate, antioksidan yang dapat mencegah oksidasi LDL. Bersama dengan berbagai serat yang dikandungnya, buah plum dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

Aprikot

sehat berkat

buah

Dengan porsi yang tepat serta pengetahuan akan kandungan yang ada di dalamnya, buah dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat

18

IV / 2010

Dalam bahasa Latin, buah aprikot disebut plum armenia. Menurut penelitian, mengandung carotenoids yang tinggi, bahkan di atas rata-rata buah yang lain. Antioksidan ini mampu membantu mencegah serangan jantung, mengurangi level kolesterol jahat dalam tubuh, dan mengurangi risiko terkena kanker ganas. Selain itu, biji aprikot berkhasiat untuk memperkuat sistem respirasi sehingga dapat mengurangi batuk dan asma. Namun, perlu diketahui bahwa ujung biji aprikot mengandung sejumlah konsentrat unsur kimia yang bisa mengakibatkan ketidakseimbangan dalam proses tubuh sehingga wajib dihindari.

Apel

Apel adalah salah satu buah yang mudah ditemui di berbagai belahan penjuru dunia. Diperkirakan ada kurang lebih tujuh ribu jenis buah apel di seluruh du足 nia. Meskipun bentuk, ukuran, warna, rasa, serta tekstur masing-masing jenis apel berbeda, namun pada umumnya buah ini berbentuk bulat dengan cekungan pada pangkal pucuknya. Dagingnya berwarna putih, renyah, berair dengan rasa manis atau asam, dan dilindungi oleh kulit tipis yang biasanya berwarna mengkilap. Bila dikerat, akan keluar aroma yang harum dan segar, walau ada se-

Naskah Anton Diaz Foto dokumentasi Clara Magazine


bagian yang beraroma tajam.Satu porsi buah apel banyak mengandung kalium, pektin, dan selulosa. Pektin ba­nyak terdapat pada daging buah apel dan merupakan salah satu serat yang tidak larut dalam air. Sedangkan selulosa ba­ nyak terdapat pada kulit buah apel dan merupakan serat yang larut dalam air. Kalium sendiri banyak terdapat pada buah apel yang berwarna merah.

belimbing

Di kalangan internasional, buah ini dikenal dengan sebutan star fruit. Ini disebabkan penampakan belim­ bing yang jika dipotong secara horisontal yang tampak se­p erti bintang. Buah asal India atau Srilangka ini tak hanya dibudidayakan di wilayah Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina, namun juga dikenal di delima merah Bagi masyarakat Cina, buah delima merah merupa- negara-negara beriklim subtropis lain, seperti Amerika kan salah satu buah wajib dalam menyambut Tahun Baru dan Australia. Buah ini memiliki khasiat sebagai anti­ Imlek. Mereka percaya bahwa bijinya yang banyak meru- piretik dan ekspektoran, sehingga dapat dimanfaatkan pakan simbol rezeki yang berlimpah. Di Indonesia, buah untuk me­n gatasi batuk pada anak-anak. Buahnya yang delima merah sering ditanam di pekarangan rumah seba- mengandung banyak vitamin C memiliki manfaat sebagai tanaman hias sekaligus untuk dikonsumsi. Di samping gai antinflamasi, analgesik, dan diuretik, sehingga baik itu, sebenarnya buah ini memiliki banyak manfaat untuk untuk penyembuhan batuk, sariawan, sakit tenggorokan, kesehatan karena ia mengandung zat-zat yang menyehat- mengatasi demam, hingga mengatasi masalah kencing manis, dan kolesterol.  Meski banyak memberi manfaat, kan dan mampu mencegah segala macam penyakit. bagi penderita penyakit ginjal harus berhati-hati dengan Khasiat lainnya berasal dari kandungan zat tanin yang buah ini karena ia mengandung banyak asam oxalic yang ada pada buah ini, yang dapat membius cacing gelang, berbahaya bagi mereka. cacing kremi, dan cacing puta dalam usus, se­h ingga me­ mentimun reka dapat ikut keluar melalui feses pada saat buang air Mentimun ternyata memiliki beragam khasiat. Buahbesar. Di Mesir dan Vietnam sendiri pengobatan ini sunya dapat digunakan untuk mengobati penyakit disentri dah umum dilakukan. dan pening/pusing/demam. Sedangkan bijinya memiblewah Buah blewah kaya akan vitamin dan mineral yang liki racun alkaloid jenis hipoxanti yang dapat mengobati dibutuhkan tubuh bagi orang yang menjalankan puasa. anak-anak yang menderita cacingan serta sakit tenggoroFruktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah ble- kan. Selain itu, mentimun juga bermanfaat untuk mengwah merupakan gula sederhana. Blewah juga baik un- hilangkan jerawat, mengatasi sariawan, menurunkan tetuk mengusir asam urat, memelihara kesehatan jantung, kanan darah tinggi, dan membersihkan ginjal. Satu biji paru-paru, pembuluh darah, dan penderita diabetes serta buah mentimum sendiri mengandung 0.65% protein, obesitas. Kaya akan vitamin A dan betakaroten yang sa­ 0.1% lemak, 2.2% karbohidrat, kalsium, zat besi, magngat baik. Kandungan betakarotennya merupakan jenis nesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan antioksidan yang dapat berperan penting dalam mengu- vitamin C. rangi konsentrasi radikal peroksil. Sedangkan kandungan jeruk lemon Buah jeruk lemon dapat digunakan sebagai pelega vitamin A yang tinggi membuat buah ini baik bagi pe­ tenggorokan. Caranya, panggang setengah potong jeruk rokok aktif maupun pasif. Buah blewah juga kaya akan vitamin C dan vitamin lemon sampai warnanya sedikit kecokelatan, lalu peras B6. Selain itu, gula alami dan enzim yang terkandung di ketika sudah dingin. Campur air perasannya dengan satu dalamnya mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan sendok teh madu kemudian minum. Niscaya tenggorokan akan menjadi lega. pada usus akibat makan tergesa-gesa.

IV / 2010

19


healthwise

ANGGUR

Buah anggur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung antioksidan dan serat yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber energi yang menyegarkan dan berkhasiat mencegah penuaan dini. Selain itu, buah ini mengandung vitamin C, A, B (thiamin), E, dan K (kalium). Vitamin C, selain dapat menyehatkan gusi dan mulut (antisariawan), juga mengandung aktioksidan yang dapat menjaga imunitas tubuh.  Selain dagingnya, biji buah anggur sebenarnya tidak kalah berkhasiat karena mengandung pycnogenol, penguat kolagen untuk kelenturan pembuluh darah. Sedangkan kulitnya kaya akan zat flavonoid yang berfungsi antioksidan.  Manfaat lain dari mengkonsumsi buah anggur adalah untuk mencegah kanker colon atau kanker usus besar karena kandungan antioksidan dan serat yang tinggi.Banyaknya khasiat dari buah anggur telah dipandang sebagai peluang bisnis oleh berbagai produsen minuman dalam kemasan sehingga kini kita bisa mengkonsumsi sari buah anggur kapan pun kita mau.

Avocad

Avocad termasuk buah yang istimewa karena me­ ngandung lemak 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Kandungan lemak ini dapat memberikan energi yang cukup ketika dikonsumsi. Jenis lemak yang dikandungnya adalah lemak tak jenuh, yang kebetulan mudah dicerna dan berguna bagi tubuh. De­ ngan demikian, avocad menyediakan energi yang cukup tinggi di balik rasanya yang gurih dan lezat serta tidak pahit.Jika dipilah, kandungan nutrisi yang dikandung satu buah avocad adalah sebagai berikut: 95 mg fosfor; 23 mg kalsium; 1,4 mg zat  besi; 9 mg sodium; 1,3 mg potasium; 8,6 mg niacin; 660 mg vitamin A; dan 82 mg vitamin C.

abiu

Selain kaya lemak, buah avocad juga kaya akan mine­ ral yang semuanya berguna untuk mengatur fungsi tubuh dan menstimulasi pertumbuhannya. Zat besi dan tembaga yang terkandung di dalamnya membantu proses rege­ nerasi darah merah dan mencegah anemia. Juga, kandu­ ngan serat secara simultan membantu proses pencernaan, menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena mengandung lemak tak jenuh.

ABIU

Buah abiu banyak dibudidayakan di Australia, tumbuhan  yang termasuk dalam spesies Puteria Caimito dan keluarga Sapotaceae ini lebih dikenal dengan sebutan sawo Australia. Padahal, kampung halaman aslinya adalah daerah sekitar Amazon, dataran rendah Peru, dan Brazil. Buah ini kaya akan vitamin A, B3, dan C, serta kaya sumber kalori dan serat, buah Abiu juga memiliki ba­nyak manfaat bagi kesehatan kita. Di Brasil sendiri, daging buah abiu digunakan untuk meringankan batuk, bronchitis, dan keluhan pernafasan atau paru-paru. Sedangkan getah pohon abiu berkhasiat sebagai obat cacing, obat pencahar, dan menyembuhkan luka bengkak.

TETAP PRIMA DENGAN HOUSE VISIT

M

elakukan general check up di Laboratorium Klinik sangat diperlukan agar kondisi kesehatan Anda terus terpantau. Namun ada kalanya kita tidak dapat datang secara rutin ke Laboratorium Klinik dengan berbagai alasan, baik karena kondisi kesehatan, kesibukan ataupun keterbatasan waktu Laboratorium Klinik Melawai menyediakan fasilitas House Visit. Pada fasilitas tersebut, petugas Lab Klinik akan datang ke lokasi Pasien untuk

20

IV / 2010

melakukan pengambilan sample, untuk kemudian diperiksa di Lab. Hasil dari pemeriksaan diantarkan kembali ke lokasi Pasien Fasilitas ini bertujuan untuk memberikan pelayanan maksimal bagi para pelanggan setia Lab Klinik Melawai. Untuk saat ini, fasilitas House Visit masih diutamakan untuk area Jakarta Selatan. Anda dapat melakukan reservasi minimal satu hari sebelumnya. Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi Lab Klinik Melawai di nomor 021- 7396826


IV / 2010

21


cover story

22

IV / 2010


MAUDY DAN PILIHAN NYA naskah ijoel rangkoto foto Marsio juwono penata gaya wingky rias wajah & rambut Philipe karunia/tedza BUSANA sebastian gunawan

IV / 2010

23


cover story

“Tidur yang cukup adalah cara terbaik saya selama ini agar tetap sehat dan bugar, fisik dan pikiran�

24

IV / 2010


M

Sunglass Max&Co S MX 35 2N5 LB 61. Rp1.150.000,00

COKELAT LEBIH PAS

Maudy Koesnaedi bukan penyuka sunglasses dengan lensa ataupun bingkai berwarna hitam. Kini, ia mempunyai lima buah kacamata favorit. Dua di antaranya keluaran Armani dan Dior. Tidak ada dari semua kacamata tersebut yang berwarna hitam. Ia lebih menyukai kacamata berlensa cokelat dengan bingkai juga berwarna cokelat.

audy Koesnaedi makin serius menekuni produser pentas seni. Simak cara ia menyiasati ke­ sibukannya serta bagaimana kesukaannya pada kacamata besar. Menjadi produser tentu bukan pekerjaan mudah. Namun, dengan segudang pengalaman yang pernah dilakoni Maudy selama berkarir di dunia akting, cukup menolongnya saat menjadi produser. Ini adalah kali kedua Maudy bertindak sebagai produser apalagi yang terakhir ia juga merangkap sebagai pemain. Sebelumnya di tahun 2009, Maudy mendapat pujian saat debut barunya sebagai produser teater Nyai Dasima, sebuah sandiwara musikal juga dari tanah Betawi. Untuk menjadi produser pengalaman akting saja belumlah cukup, mata pun harus jeli menangkap berbagai aspek kekurangan terutama dari seluruh unsur pementasan, “Ada saja kurangnya apalagi ketika sudah dipentaskan. Saya masih dalam tahap belajar. Saya juga kerap bertanya, salah satunya sama Garin Nugroho,” cerita Maudy. Untuk menyelesaikan sebuah proses produksi dari awal hingga akhir juga dituntut kondisi fisik yang prima. “Jika sedang berada pada euforia seperti itu, energi kan keluar, terkadang sakit pun tidak terasa,” tambah Maudy, sesaat sebelum pemotretan di kawasan Menteng Jakarta Pusat. Namun ia mengakui, selama ini keletihan fisik jarang membuatnya jatuh sakit. Kondisi tersebut akan terbalik saat dirinya dilanda stres, fisiknya akan cepat menurun dan mudah jatuh sakit. Banyak cara yang Maudy tempuh agar kondisi tubuhnya tetap terjaga dengan baik ketika berada di tengah kesibukan yang padat. Apalagi, sebagai bintang iklan dari berbagai produk kadang mengharuskannya promo ke sejumlah kota inilah kesibukan dia yang tak kalah menyita waktu. “Tidur yang cukup adalah cara terbaik saya selama ini agar tetap sehat dan bugar fisik dan pikiran ,”ucapnya. Namun, tubuh menurutnya juga perlu dijaga dengan banyak mengkonsumsi air putih, vitamin sesuai kebutuhan, serta rutin melakukan olahraga yang disukai. Uniknya sejak kecil, Maudy tak pernah bermasalah dengan kesehatan mata, apalagi sejak kecil pula ia paham betul apa saja buah dan sayuran yang bermanfaat bagi matanya. Alhasil, ia tidak pernah menggunakan kacamata dengan resep dari dokter hingga kini. Meski demikian, ada tipe kacamata yang digemarinya yakni sunglasses merupakan salah satu aksesori yang tak pernah dilupakan jika bepergian. Fungsinya tetap lebih dipentingkan Maudy, yakni menahan sinar matahari agar tak menyakitkan di mata, barulah yang kedua sebagai penunjang penampilan.

“Lensanya harus cokelat, sedang framenya bisa warna apa saja asal tidak hitam. Dulu malah saya pernah mempunyai kacamata favorit dengan bingkai putih, sayang pecah karena terjatuh,” katanya. Pilihan pada warna cokelat menurut Maudy, karena menurutnya nyaman saat dipakai.

Pemilihan modelnya amat ia perhatikan, jenis kacamata sunglassess model besar (oversized sunglass) adalah pilihan utama Maudy. “Setiap model yang dipilih itu harus disesuaikan dengan banyak hal seperti warna kulit, bentuk wajah dan kepribadian,” pesan Maudy.

IV / 2010

25


profile customer

NADYA MULYA

BUKAN SEKADAR PELENGKAP PENAMPILAN 26

IV / 2010


I

a bercerita banyak tentang apa saja kesibukkannya saat ini, terutama menyangkut profesinya di berbagai bidang. Perempuan cantik ini beberapa tahun belakangan memang lebih dikenal lewat kiprahnya sebagai presenter. Namun, ia juga pernah mencoba berbagai peran di beberapa sinetron dan sebuah film. Lainnya, ia juga pernah menjadi model dan menjadi bintang di sejumlah iklan. Kini, Nadya mengaku profesinya di dunia hiburan tersebut mulai menjadi prioritas kedua. Sejak anak ke­ duanya lahir tujuh bulan lalu, waktunya lebih banyak disibukkan mengurus keluarga dan mengelola dua butik yang menawarkan perlengkapan bayi dan cinderamata. Meski tak terlalu sibuk seperti­ dulu, runner up Putri Indonesia 2004 ini masih tampil secara reguler­ di sebuah program televisi swasta de­ ngan ditambah menjadi menjadi MC (Master of Ceremony) dibeberapa acara off air, “saat ini saya lebih fokus untuk mengembalikan berat badan seperti biasa dan yang kedua adalah memperbaiki susunan gigi saya dengan memakai behel ini,” ujar pemegang gelar master di bidang International Management dari The University of Reading, Inggris. Tampak usahanya dalam mengembalikan penampilan tubuhnya ke bentuk ideal hampir tercapai. Tubuhnya

terlihat langsing dan kembali kencang. Menurut Nadya, hal ini karena waktu ia hamil berat badannya tidak naik terlalu banyak hanya sekitar 14 kilogram, jauh berbeda dengan kehamilan pertama yang mencapai 25 kilogram. Alhasil, proses penurunan berat badan tersebut tidak perlu menunggu lama, cukup dengan melakukan olahraga kardio selama setengah jam seminggu tiga kali dan menjauhi makanan junkfood. Sadar akan pentingnya penampilan untuk profesi yang ditekuni, Nadya juga memilih kacamata demi menunjang ia berpenampilan. Baginya, kacamata saat ini bukan sekadar alat bantu untuk penglihatan saja, kacamata telah berkembang menjadi tren mode yang dapat menyempurnakan penampilan,” dalam memilih kacamata janganlah main-main. Belilah di optik yang terpercaya dan benar-benar dapat menyediakan segala kebutuhan dan informasi yang bermanfaat,” pesan Nadya yang juga merupakan salah satu pelanggan dari Optik Melawai ini. Koleksi kacamata Nadya pun tak terlalu banyak, berbeda sekali dengan ketika ia masih remaja. Kini, hanya beberapa buah saja yang dimiliki namun kenyamanan dan kualitas dari kacamata itu bisa dibanggakan.”Masing-ma­ sing kacamata yang saya punya harus dapat mewakili dari segi fashion,” aku Nadya yang amat menyukai kacamata dari Marc Jacobs ini.

SELAMAT BERKAT KACAMATA Sebuah acara fashion show berlangsung di Jakarta, di sini Nadya Mulya dipercaya sebagai MC. Sayang, beberapa hari sebelum acara dimulai ia menderita sakit mata yang mengubah matanya menjadi merah. Sebelum acara dimulai matanya belum sembuh total. Namun, ia percaya diri untuk tampil dengan menggunakan kacamata dengan warna gradasi,”Beruntung saat itu fashion show-nya juga ada model berkacamata. Banyak yang menyangka saya berkacamata karena bagian dari peragaan,” seloroh Nadya sambil tersenyum.

Sunglass Marc Jacobs S MJ 315 807 JJ 57 Rp2.410.000,00

naskah ijoel rangkoto foto atiek hendriyanti penata gaya wingkY rias wajah & rambut: merry

IV / 2010

27


profile customer

A Frame : YSL YSL - F Y 2296 QHC 51 Rp1.810.000,00

jang Piala Dunia yang ber­l angsung beberapa saat lalu ternyata juga menjadi perhatian serius bagi CEO PT Fastfood Indonesia, Tbk (KFC), Fabian Gelael. Tak tanggung-tanggung, dalam pesta sepakbola yang dihelat empat tahun sekali ini Fabian ikut menyaksikan partai semifinal antara Uruguay vs Belanda secara langsung di Afrika Selatan. Pertandingan tersebut memang berlangsung seru dengan skor akhir yang tipis. “Saya penasaran seperti apa Piala Dunia jika dilihat langsung. Ternyata seru sekali, apalagi hampir saja Uruguay menyamakan skor di detik-detik akhir,” beber Fabian de­n gan antusias ketika ditemui di kantor­nya di daerah MT Haryono, Jakarta. Menonton bola seperti di atas adalah sesuatu yang beda ia lakukan dari biasanya, karena pada dasarnya Fabian sendiri mengaku tidak terlalu suka akan keramaian. Kecintaan­nya akan suasana yang sepi dan tenang­ juga mempengaruhi tempat yang ia pilih untuk berlibur. Fabian amat menyukai alam, ia adalah tipe pria yang suka bertualang ke negara de­n gan suasana­ tenang dan jauh dari hirukpikuk keramaian,” kerapnya saya memilih negara di benua Amerika.­ Saya sangat tidak suka Jakarta. Tapi, saya suka Jogja, sebagian Bandung

atau Bukittinggi,” ucapnya lebih lanjut. Namun, ada satu aksesori yang tak pernah dilupakan Fabian kala bepergian yakni kacamata. Fungsi dan ke­g u­n aan dari kacamata dirasakan Fabian­amat menolong dalam keseharian. “Saya mulai memakai kacamata saat saya berumur 24 tahun, tapi jika sunglasses sejak kecil saya sudah senang memakainya,” ungkapnya. Kacamata hitam atau sunglasses memang saat ini fungsinya bukan hanya melindungi mata dari efek sinar matahari namun juga sudah menjadi aksesori pelengkap mode dengan aneka bentuk yang stylish. Kini, me­ ngoleksi beragam jenis kacamata juga sudah bukan hobi baru, Fabian pun demikian. Sejak lama ia sudah mulai mengoleksi kacamata dan menurutnya sekitar tiga bulan sekali ada budget khusus untuk melengkapi koleksi kacamatanya. “Bentuk wajah saya yang panjang, membuat saya lebih cocok dengan sunglasses yang agak besar. Dari sekian brand saya rasa paling cocok dengan Hugo Boss,” akunya. Di manakah tempat ia membeli kacamata selama ini? Fabian mengaku jika Optik Melawai sudah pasti tempat yang ditujunya pertama kali di Indonesia. “Ini yang saya pakai seharihari dari Optik Melawai. Manajemen mereka bagus, pelayanan memuaskan juga mudah dicari karena outletnya banyak di mana-mana,” pujinya.

Si Ceroboh

Emporio Armani S EM 9627/F/S 18X VK Rp1.375.000,00

Meski mengoleksi banyak jenis kacamata tapi Fabian bukanlah pria yang cukup teliti dalam menjaga kacamata yang sedang dipakainya. Kadang, ada dari kacamata yang sedang digunakannya harus dibawa kembali ke Optik Melawai, “Saya kadang suka ceroboh, ada yang bengkok karena diduduki, ada yang jatuh dan penyok,” katanya sambil tertawa. Ia menambahkan, jika mengalami kejadian seperti itu biasanya ia akan langsung meminta kepada Optik Melawai untuk memeperbaikinya, “Satu lagi yang saya suka meski kacamata tersebut tidak saya beli dari Optik Melawai tapi mereka masih mau membetulkan kacamata saya,” cerita Fabian menutup perbincangan kami.

naskah ijoel rangkoto foto atiek hendriyanti penata gaya wingkY

28

IV / 2010


Fabian Gelael

SEPI LEBIH NIKMAT IV / 2010

29


profile customer

DINI SOEKARYO

KeUNIKAN KHAS KACAMATA Cantik tidak hanya dibentuk oleh busana yang dikenakan, tetapi juga aksesori yang melengkapinya. Kacamata, salah satunya‌ apalagi jika sesuai dengan bentuk wajah dan suasana, adalah sebuah keharusan bagi Dini Soekaryo.

30

IV / 2010


P McQueen: Unconventional Designs Memiliki beragam kacamata dari berbagai merek ternama dunia jelas suatu kebanggan tersendiri. Namun, tentu ada sejumlah kacamata yang dikoleksi Dini memberikan nilai lebih dari yang lain. Di sinilah kenapa Dini, memilih koleksi kacamata dari Alexander McQueen sebagai sesuatu yang lebih spesial. Sejak Alexander McQueen meninggal dunia pada 11 February 2010, dinilai Dini turut mempengaruhi penilaian atas koleksinya. Dini yakin koleksi kacamata perancang asal Inggris tersebut akan makin diburu karena karyanya selalu menawarkan perbedaan dari desainer lainnya, dan tentu akan tetap melekat di hati para penggemar.

”Optik Melawai itu cukup up to date apalagi layanannya memuaskan. Kacamata di sini juga berkualitas bagus. Harganya terjangkau, bahkan kadang jika sedang beruntung akan mendapatkan harga spesial,”

enampilan cantik harus ditunjang oleh aksesori penunjang busana, termasuk kacamata. Sore hari di lokasi pemotretan, Dini Soekaryo melangkah percaya diri menuju ke arah kami. Saat itu ia juga ditemani oleh dua anak gadisnya. Pilihan kacamata yang dikenakan, makin membuat penampilannya bertambah elegan apalagi dipadu dengan jins ketat biru yang dikenakan. Adalah sebuah keharusan bagi Dini Soekaryo untuk menggunakan kacamata pada setiap kesempatan yang ia miliki. Kekaguman perempuan cantik ini pada kacamata sebenarnya telah dimulai sejak ia masih remaja, dan sejak itu pula memutuskan untuk mengoleksi beragam jenis sunglasses. Bagi Dini, mengkoleksi kacamata mungkin tidak dapat dijadikan investasi seperti jenis barang lainnya layaknya perhiasan, tas, jaket dari brand-brand ternama. Semua itu dilakukannya lebih karena hobi saja. “Sebenarnya bentuk dan desain kacamata itu hampir sama, tapi pasti ada satu ciri khas yang membedakannya,” beber penyuka travelling dan penggiat organisasi pembela perempuan ini saat ditemui sebelum pemotretan. Tidak mengherankan, jika saat ini koleksi kacamata yang tertata secara rapi di rumahnya mencapai ratusan. Semua jenis tersebut memiliki keunikan masing-masing yang jika dilihat dari kacamata awam tidak akan dapat

menjelaskan perbedaannya. Apa saja brand favoritnya? Selama ini, Dini amat menyukai koleksikoleksi dari Balenciaga, Dior, Marc Jacobs, dan Alexander McQueen. “Sementara perempuan lain me­ ngoleksi berbagai aksesori seperti tas, jam atau sepatu, saya sudah sejak dulu memilih untuk mengoleksi kacamata. Kacamata itu unik, karena saya berpendapat tidak semua orang cocok menggunakan kacamata,” urai­ nya santai saat berbincang usai pemotretan. Kacamata telah berkembang men­ jadi pelengkap aksesoris fashion yang membuat penampilan menjadi lebih trendi. Nah, dengan banyaknya koleksi kacamata yang ia miliki, maka pemakaian kacamata tersebut juga ia rotasi didasarkan pada acara yang akan diikutinya, pakaian yang dikenakan, suasana serta mood saat itu. Dini yang mempunyai beberapa usaha yang sudah dirintis lama bersama teman-temannya ini juga menceritakan jika jauh sebelum mengenal Optik Melawai, banyak dari jenis kacamata tersebut diperolehnya dari luar ne­g eri. Namun sejak ia berhubungan dengan Optik Melawai, semua kebutuhan akan kacamata tersebut dapat terpenuhi. ”Optik Melawai itu cukup up to date apalagi layanannya memuaskan. Kacamata di sini juga berkualitas bagus. Harganya terjangkau, bahkan kadang jika sedang beruntung akan mendapatkan harga spesial,” nilainya menutup pembicaraan.

Naskah Ijoel Rangkoto Foto Hariono Halim Penata Gaya Wingky Lokasi Bule & Lucy Collection, Panglima Polim BUSANA barli asmara KACAMATA koleksi pribadi

IV / 2010

31


style

KEMEJA BATIK NASKAH & PENATA GAYA WINGKY FOTO Hariono Halim RIAS WAJAH & RAMBUT DONNY LIEM

32

IV / 2010


Kebaya Wanita: Koleksi Ferry Sunarto Kemeja Batik Pria: Koleksi Danar Hadi Kacamata 1 & 2: FRAME YSL - Optik Melawai IV / 2010

33


style

1 FRAME YSL S Y 2296 OHQ 51 Rp1.810.000,00

2 FRAME YSL F Y 6302 LIC 54 Rp2.045.000,00

3 Balenciaga S BC 0065 GOC CC Rp3.165.000,00

4 Giorgio Armani S GA 769 QHZ O2 60 Rp2.120.000,00

5 Ermenegildo Zegna F EZ VZ 3570G 072N 56 Rp1.890.000,00

6 Gucci S GU 3127 IP6 YY 61 Rp2.120.000,00

34

IV / 2010


Kebaya Encim Wanita: Koleksi Danar Hadi Kemeja Batik Pria: Koleksi Danar Hadi Kacamata 3 & 4: Balenciaga, Giorgio Armani Optik Melawai IV / 2010

35


style

Kemeja Batik Pria: Koleksi Danar Hadi Kacamata 5: IV / 2010 Ermenegildo Zegna - Optik Melawai

36


Kebaya Encim: Koleksi Danar Hadi Kalung: Koleksi Denny Wirawan Kacamata 6: Gucci - Optik Melawai IV / 2010

37


leisure

KETIKA RINDU

BERBICARA

Kota Bukittinggi selalu menawarkan suasana yang nyaman, tertib dan bersih.Sepertinya tiada habis kota ini untuk diulas, mulai dari sejarah, keindahan panorama alam, hingga pesona kulinernya. NASKAH Ijoel Rangkoto FOTO Rahmad Gunawan

PERLU TAHU Saat Idul Fitri kondisi lalu lintas menuju ke Bukittinggi lebih “parah” dibandingkan dengan lalu lintas di Jakarta pada hari kerja. Perjalanan dari Padang ke Bukittinggi yang biasanya dilalui selama dua jam bisa mencapai kurang lebih 10 jam dengan kendaraan pribadi.

38

IV / 2010

K

ota Bukittinggi tiada habisnya diulas. Mulai dari sejarah, keindahan panorama alam, hingga pesona kulinernya. Persiapan menyambut bulan Ramadhan sejak jauh hari telah terasa di Bukittinggi. Kebersamaan yang ada dalam masyarakatnya juga masih kental. Di Bukittinggi khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya perhatian mereka saat itu lebih tertuju akan kebersihan sarana dan prasarana penunjang ibadah. Masyarakat tampak bersemangat bergotong royong membersihkan jalan, lingkungan sekitar rumah, tempat ibadah, dan musala. Hm… nikmatnya menjalankan ibadah puasa di kota ini! Udara kota

yang sejuk seperti menjauhkan warga kotanya dari godaan lapar dan haus. Sejak siang hingga mendekati berbuka, tak henti-hentinya alunan musik rohani berkumandang dari setiap masjid sampai adzan magrib berkumandang. Bagi wisatawan yang ingin mengkhususkan diri dengan wisata kuliner khas daerah ini, masa “puasa” adalah masa yang amat tepat. Di bulan ini, menu yang jarang ada akan tersedia, bahkan saat ini Anda pun dapat menemukan menu-menu yang biasanya ada di acara pernikahan atau pesta nagari misalnya saja lamang tapai (ketan yang dimasak dalam bambu dinikmati dengan tapai ketan hitam), ajik ( semacam wajik khas Sumatera Barat), galamai (dodol khas Suma­ tera Barat), cancang kambing (gulai


kambing khas Sumatera Barat). Menemukan aneka menu khas berbuka puasa tidaklah sulit. Jika Anda sudah berada di Bukittinggi, Anda tinggal menuju Jam Gadang yang terkenal sebagai lambang kota Bukittinggi. Dari sana tinggal berjalan kaki menurun sekitar 50 meter dan akan menemui Pasar Lereng. Di sinilah Anda menemukan kedai-kedai yang menjual nasi kapau. Belum puas… Anda bisa menuju ke Gang Senggol – sekitar 50 meter dari Pasar Lereng – letaknya di dekat Jenjang 40 (tangga menuju ke Pasar Bawah yang memiliki 40 anak tangga). Di sinilah ramai dijajakan menu khas berbuka yang hanya ada pada saat bulan puasa

saja, bubur kampiun (campuran atara kolak pisang, cendol, ketan, ronde di campur dengan santan dan gula aren), ketan srikaya, lapek bugih (seperti kue bugis), godok batinta (adonan pisang dan tepung yang di­ goreng, kemudian dinikmati dengan gula aren cair). Sebagai informasi, kepadatan pengunjung di kota ini dapat dibagi menjadi empat periode yakni pada malam pergantian tahun, malam takbiran sekaligus Idul Fitri, dan saat dihelat tradisi pacuan kuda di Bukit Ambacang yang biasanya berlangsung pada awal tahun dan menjelang Idul Adha. Khusus malam tak­b iran dan Hari Idul Fitri, pengunjung umum­

NASI KAPAU Kapau adalah nama dari sebuah nagari di Kabupaten Agam, letak nagari ini hanya sekitar 7 kilometer dari Jam Gadang. Nah, nasi kapau berasal dari nagari ini. Sudah sejak dulu, Nasi kapau menjadi pilihan pertama bagi masyarakat Minang. Jika dilihat, nasi kapau adalah nasi ramas yang terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau. Biasanya lauk pauknya yang wajib adalah gulai sayur nangkanya yang khas, gulai tambunsu (usus sapi yang diisi telur dan tahu yang digulai), gulai cancang, dan menu lainnya.

nya adalah warga perantauan yang mudik ke kota ini. Kota Bukittinggi memang memiliki sejumlah keunggulan jika diban­ dingkan dengan kota lain di Sumatera Barat. Letak Bukittinggi amat stategis yang berada di tengah provinsi dan di kelilingi tiga gunung berapi, Gunung Singgalang, Gunung Marapi, dan Gunung Sago. Nah, akibat letaknya yang berada di tengah menjadikan Bukittingi dekat dengan kota-kota lainnya seperti kota Payakumbuh, Solok, Padang Panjang, dan Pariaman. Bukittinggi adalah kota yang kaya akan objek wisata alam, sekaligus kaya akan bidang seni dan tradisi yang hingga kini masih tetap bertahan.

AMPIANG DADIAH Dadiah adalah hasil fermentasi susu kerbau. Susu kerbau yang diperah dimasukkan ke dalam ruas bambu dan didiamkan selama satu sampai dua hari sampai terbentuknya gumpalan. Kemudian, hasil fermentasi susu kerbau tersebut dicampurkan dengan emping beras ketan merah, ditambahkan sedikit santan dan cairan gula merah. Rasanya? Hmm rasanya asam manis. Ampiang dadiah juga dipercaya dapat menambah energi dan meningkatkan metabolisme tubuh.

IV / 2010

39


delicious

SAJIAN NASIONAL STANDAR INTERNASIONAL

Bumbu Blora, Sate Manis Sapi, Sate Kam­bing dan Sate Buntel. Selain itu Sate Khas Senayan juga menya­jikan hida­ngan Laut, bukan hanya menu ikan saja yang disajikan tetapi juga ada menu sate hasil laut seperti Sate Cumi dan Sate Udang Pancet. Dikemas de­ ngan penyajiannya yang khas dan unik, menggunakan hotplate di atas wadah Sajian Indonesia berkualitas prima yang menyerupai tungku, agar tetap yang menggugah rasa hangat, dibawah hotplate nya ada bara api panas yang menjadikan sajian Sate NASKAH Anton Diaz ini tetap terjaga kualitas dan kelezaFOTO dokumentasi Sate Khas Senayan, Anton Diaz tannya.Tidak cukup sampai di situ saja, Sate Khas Senayan juga menyeaat ini banyak rumah tradisonal Indonesianya.Tidak hanya diakan berbagai macam hidangan khas makan yang menyaji­ untuk tamu lokal saja tetapi restoran asli Indonesia mulai dari aneka hida­ kan aneka masakan khas Sate Khas Senayan juga banyak dimi- ngan pembuka, sayuran, daging hingIndonesia “rumah-an” nati oleh tamu dari mancanegara yang ga hidangan penutup. Dengan pilihan dengan tampilan yang mana boleh dibilang memiliki “lidah” bahan yang berkualitas tinggi dan juga lebih modern. Begitu juga dengan yang jauh berbeda dengan orang In- dengan tambahan racikan bumbu yang restoran Sate Khas Senayan yang su- donesia. Namanya saja restoran Sate pas menjadikan aneka masakan Sate dah berdiri sejak 1974 dan hingga Khas Senayan (SKS) dan sudah pasti Khas Senayan tetap dapat diterima oleh kini terus melakukan terobosan de­ menu Sate-lah yang menjadi menu masyarakat luas dan tidak tertandingi ngan mengikuti perkembangan trend unggulannnya. dengan restoran sejenis lainnya. yang lebih modern. Tidak heran kalau Dengan berbagai menu Sate yang Sebut saja beberapa hidangan faSate Khas Senayan tetap memposisi- ditawarkan anda tidak perlu lagi un- vorit dari Sate Khas Senayan :Tahu kan dirinya sebagai pelopor restoran tuk datang ke beberapa restoran un- Kipas, dimana untuk menu ini mengmasakan khas Indonesia yang mana tuk menikmatinya, cukup datang gunakan bahan baku udang yang setetap berkomitmen untuk memper- disatu tempat saja yaitu Sate Khas gar dan juga potongan sayuran dan tahankan warisan budaya Indonesia Senayan. Berbagai macam menu Sate tahu yang berkualitas tinggi dengan dengan sajian yang lebih modern na- yang ditawarkan, tengok saja ada Sate campuran bumbu asli yang lezat. De­ mun tetap tidak meninggalkan unsur Ayam Ponorogo, Sate Ayam Pedas ngan gorengan yang kering Tahu Kipas

S

40

IV / 2010


ini dapat dinikmati bersama sambal cocol yang pedasnya pas, siap menggoyang lidah anda.Tahu Telur, menu favorit ini sangatlah susah ditemukan di restoran lainnya meng­ ingat menu Tahu Telur ini sudah menjadi salah satu icon di restoran Sate Khas Senayan. Kocokan telur dengan potong­ an tahu air yang lembut, digoreng garing dengan tambahan toping sayuran, disi­ram dengan bumbu kecap yang manis dan sedikit pedas. Dipastikan menu ini tidak akan terlupakan. Sop Buntut, menu berkuah satu ini tidaklah asing di telinga kita, potongan daging buntut sapi yang berkualitas dan dengan tambahan potongan sayuran wortel dan tomat menjadikan menu Sop Buntut ini tidak hanya digemari orang dewasa saja namun juga anak-anak sangat menggemarinya, menu yang patut anda coba. Pecel Wijen Solo, dari namanya saja pasti kita tahu bahwa hidangan sayuran ini berasal dari kota Solo – Jawa Tengah. Rebusan aneka sayuran segar dipadukan dengan tahu bacem serta kerupuk gendar dan rempeyek. disiram bumbu asli berbahan wijen hitam ini membuat anda bernostalgia kembali ke suasana Solo tempo doeloe. Es Merah Delima dan Es Cendol Durian, 2 menu Hidangan penutup ini adalah menu favorit dan pilihan Keluarga Indonesia. Potongan merah delima yang kenyal, dilengkapi dengan alpukat dan kelapa muda. Silahkan membandingkan cendol durian ini, karena buah durian asli dengan kualitas prima, selalu siap ditemukan di Sate Khas Senayan di sepanjang tahun. Pantaslah ke 2 menu ini juga menjadi salah satu icon hidangan Es penutup untuk Sate Khas Senayan.Untuk acara-acara special yang dilaksanakan di rumah/kantor, Sate Khas Senayan siap melayani jasa catering berbagai hidangan, Mulai dari Nasi Box, Tumpengan hingga prasmanan. Seperti juga saat Ramadhan kali ini, Paket Hantaran Lebaran Sate Khas Senayan, siap memenuhi kebutuhan hantaran ke semua keluarga dan relasi bisnis anda.

PERLU TAHU

Spesial di bulan Ramadhan di Sate Khas Senayan Promo menyambut bulan Ramadhan hingga season Lebaran ( 10 Agst – 19 Sept 2010 ), Sate Khas Senayan menyediakan berbagai menu Spesial Ramadhan, yaitu: Ketupat Campur, Kolak Campur dan Es Blewah; disamping juga tetap menyediakan menu-menu unggulan lainnya. Selain itu Sate Khas Senayan juga menerima pesanan Paket Hantaran Lebaran berupa : • Ketupat Campur yang dikemas menarik dalam wadah tampah dengan dekorasi menarik khas Lebaran. • Kolak Bubur Campur yang dikemas unik dalam wadah kendil. Untuk informasi dan pemesanan dapat menghubungi CALLAJA Service and Delivery di nomor 3500111 Layanan Catering di Sate Khas Senayan Disamping melayani jasa resto dengan makan di tempat, Sate Khas Senayan juga melayani jasa catering berupa : Nasi Kotak, Tumpengan, Coffee Break, Gubug-an dan Prasmanan. Untuk jasa layanan antar dapat menghubungi CALLAJA Service and Delivery.

Jam Operasional Resto Sate Khas Senayan Senin – Minggu : pk 10.30 – 22.00 Lebaran I : pk 11.30 – 22.000 Lebaran II; buka seperti biasa

IV / 2010

41


42

IV / 2010


IV / 2010

43


state of art

the crystal art Anda pernah mendengar kata kristal dikaitkan dengan nama merek lain? Anda mungkin pernah mendengar istilah Austrian, atau Czech/Bohemian yang dikonotasikan dengan kristal.

44

NASKAH Anton Diaz IV / 2010


N

amun jika Anda mendengar kata Swarovski maka seketika Anda mengait­ kannya dengan potongan kristal ala berlian berkualitas tinggi. Tidak hanya sebagai hiasan atau pun benda-benda koleksi tetapi bisa pula dipadankan dengan busana atau pun pelengkap busana. Bahkan akhir-akhir ini kristal ini dipakai pula sebagai bagian dari desain busana, atau bahkan sebagai hiasan pada kendaraan bermotor. Termasuk memproduksi kacamata yang bingkainya dihias dengan permata asal Swarovski. Saking terkenalnya, terjadi kecenderungan men­ can­­tumkan bahwa kristal yang dipergunakan dalam desain –apapun itu - dibuat oleh Swarovski. Saat ini Swarovski­ merupakan produsen kristal yang sejajar de­ ngan merek-­m erek perusahaan terkemuka di dunia. Penemunya, Daniel Swarovski adalah seorang pembuat kristal Bohemian, yang pindah ke Austria lebih dari seabad lalu. Daniel Swarovski memiliki kemampuan teknik inovatif memotong kristal. Ia ingin mengaman­ kan penemuan visionarinya dan menggunakannya untuk bertahan dalam kompetisi dengan para pem-

buat kristal Bohemian lainnya. Maka ia pindah ke kota ­T yrolean Alps town di Wattens tahun 1895, di sana ia membuat kerajaan kristalnya bersama keluarga dan para perajin lokal. Merek-merek industri Swarovski lainnya terkait de­ ngan instrumen optikal, secara khusus yang dapat dicatat adalah merek Signity dari permata buatan laboratorium dan batuan permata asli. Produk-produk merek Swarovski seperti tempat lilin kristal, baik modern­ ataupun tradisional, sangat dikagumi di seantero dunia.­ Dalam beberapa tahun terakhir ini Swarovski telah memberi kesempatan para Perancang busana untuk bekerja sama dengan kristal Swarovski. Serangkaian fashion shows yang berjudul Fashion Rocks, dikenal sebagai catwalk inovatif dari kristal Swarovski sebagai ­a ksesori maupun “busana”. Ini membuat para konsumen lebih jelas melihat implementasi kristal ­d alam “keseharian” mereka. Kristal tidak hanya sebagai hiasan ruang tamu, tetapi juga bisa tampil indah dan “bernilai” sebagai pelengkap busana atau pun unsur desain lainnya.

IV / 2010

45


do you know?

Montblanc TIMELESS DESIGN, TRADITION & CRAFTMANSHIP

Tradisi adalah warisan yang sangat berharga dan telah melewati proses waktu. Bukan hanya waktu yang teruji, tetapi integritas dan identitas juga menjadi andalan. Hal ini yang dipegang oleh Montblanc, sebagai salah satu penghasil karya terbaik di dunia. foto Anton Diaz

46

IV / 2010


S MB 231S E98 67 Rp6.835.000,00

F MB 0299 001 53 Rp4.425.000,00

S MB 226S G17 60 Rp6.375.000,00

F MB 9101 F80 55 Rp4.895.000,00

T

radisi adalah warisan yang sangat berharga dan telah melewati proses waktu. Bukan hanya waktu yang teruji, tetapi integritas dan identitas juga menjadi andalan. Hal ini yang dipegang oleh Montblanc, sebagai salah satu penghasil karya terbaik di dunia. Montblanc semula dikenal sebagai perusahaan pembuat pena pada 1906, kini melebarkan diri pada elemen-lemen lain yang bertolak belakang dari sebuah pena yang dikenal memiliki karakter konservatif. Leather goods, jam tangan, perhiasan hingga kacamata, telah dirambah oleh Montblanc, tentu saja tetap mengedepankan penempatan detail yang halus dan pengerjaan karya tangan yang teliti. Produk ini bukan hanya semata-mata pena dengan logo white star atau ikon double ring saja, tetapi lebih ke sebuah pelengkap gaya hidup yang fashionable dan modern sekaligus mapan. Koleksi kacamata Montblanc hadir dengan peggunaan material terpilih yang berkualitas. Tiap detail pengerjaan kacamata Montblanc, frame dan juga sunglass, adalah karya masterpiece yang timeless. Gaya elegan berpadu nafas modern melebur jadi satu ke dalam perwujudan karya yang tetap berpegang teguh pada tradisi. Beberapa frame maupun sunglass Montblanc dibuat dengan menempatkan logo ikonik yang terkenal, seperti detail buckle, jewellery collection, manset berlogo tulisan, juga tak ketinggalan logo white star, yang terinspirasi dari puncak pegunungan Mont Blanc di Alpen yang terkenal. Bukan hanya faktor kemewahan, tetapi kenyamanan dan ekskulivitas menjadi andalan kacamata Montblanc. Tradisi, pengerjaan tangan yang rapi dan teliti adalah komitmen yang dipegang oleh Marcolin, perusahaan pembuat kacamata di dunia selaku pemegang license untuk memproduksi kacamata Montblanc. Perusahaan kacamata dari Italia ini telah memproduksi berbagai merek kacamata dan hingga ini mereka masih dipercaya untuk mengerjakan beberapa merek terkenal dan prestisius di dunia fashion. Koleksi kacamata Montblanc kini bisa didapatkan di Optik Melawai sebagai suatu pilihan bagi pengguna kacamata yang menginginkan tampilan gaya yang elegan sekaligus klasik tanpa harus terlihat kuno. Warna yang modern dengan desain yang timeless seolah ingin mengajak penggunanya untuk merasakan sensasi kemewahan dalam sebuah kacamata, Montblanc.

IV / 2010

47


buy it

4

2 1

3 6

TOYE

5

1. Lulur Rosella: mengangkat sel kulit mati dengan khasiat ekstrak beras berpadu vitamin C dari kuncup Rosella yang membantu menjaga elastisitas kulit, Produk lulur lainnya: kulit jeruk, kopi kayumanis, kopi jahe, coklat dan teh hijau. Harga Rp 10.000,2. Lulur kaki batu apung: kaki bersih sehat dan segar dengan peluruh alami dari batu apung berpadu segarnya aroma bunga dan jeruk, serta hangatnya biji pala, Lulur kaki garam epsom: dengan garam dan biji markisa jadikan kaki bersih, sehat dan segar berpadu sejuknya mentha. Harga Rp 55.000,3. Lulur gel jeruk: khasiat butiran beras sebagai zat peluruh alami berpadu minyak essensial jeruk segar, membersihkan tubuh sekaligus membangkitkan semangat, Produk lulur gel lainnya: nilam dan pala. Harga Rp 38.000,-

48

IV / 2010

7

4. Percikan segar bunga: semprotkan kesegaran ringan setiap saat dengan wangi bunga kamboja yang eksotik, Produk percikan segar lainnya: sitrus dan rempah kayu. Harga: Rp 35.000,5. Minyak pijat teh hijau: segarnya teh hijau de足 ngan kandungan antioksidan dipadu pijatan lembut, redakan segala ketegangan pada tubuh, Produk minyak pijat lainnya: rempah jahe dan coklat jeruk. Harga Rp 32.500,6. Minyak kayu putih: ramuan tradisional untuk redakan perut kembung, sakit kepala, hidung tersumbat dan gigitan serangga. Harga Rp 19.000,7. Minyak telon: formula asli minyak telon tradisional untuk memberikan rasa hangat pada tubuh. Me足 ngandung minyak adas yang efektif redakan perut kembung. Harga Rp 21.500,-


IV / 2010

49


buy it

2

1

3 4

5

6 7

HEALTH SUPPLEMENT 1. Marinox Brain Guard: melindungi otak dan melancarkan sirkulasi darah. 2. Marinox Omega Plus: komposisi minyak ikan salmon (EPA, DHA) dan vitamin E untuk kualitas omega 3 terbaik. 3. Little Buddies with calcium: pilihan terbaik untuk pertumbuhan anak yang optimal, mengandung multivitamin, kalsium, propietary blend yang disaji­ kan dengan rasa yang enak dan berbentuk binatang – binatang sehingga disukai anak. 4. Good N Natural KLB 6 Grapefruit: membantu menurunkan berat badan dan mengencangkan tubuh sehingga tampil lebih percaya diri.

50

IV / 2010

5. Marinox CollageN: mengembalikan keremaja­ an kulit. Mengandung kolagen murni yang diproses dengan teknologi khusus, yaitu hydrolyzed collagen, sehingga mudah diserap oleh tubuh. 6. Marinox Ester C: kombinasi efektif Ester-C, beta carotene dan vitamin B kompleks untuk meningkatkan daya tahan tubuh, stamina dan sistem kekebalan tubuh. 7. Nature’s Bounty Odor Free Garlic: membantu memelihara kesehatan, dibuat dalam bentuk tablet salut dan diproses secara khusus sehingga diperoleh 100 % garlic tanpa bau.


healthwise

LEBIH SEHAT SETELAH BERPUASA Puasa tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan rohani, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan badani. Naskah Anton Diaz Foto dokumentasi Clara Magazine

lakukan untuk menjaga kelanmakanan manis mengeluaradikan puasa tidak hanya caran peredaran darah agar kan insulin lebih cepat untuk bermanfaat bagi kesehatan kita tidak mudah loyo. Namun memroses gula menjadi energi. rohani, tetapi juga bermanuntuk urusan ini pilih olahraga Sebaliknya makanan berserat faat bagi kesehatan badani. ringan yang tak membutuhkan membuat proses pencernaan Secara ilmiah kegiatan energi berlebih, seperti larilebih lambat, sehingga insulin puasa bisa dianalogikan selari kecil atau jalan kaki. Seyang dikeluarkanpun secara bagai proses detoksifikasi, baiknya lakukan olahraga menbertahap. yaitu pembuangan zat racun dalam jelang waktu berbuka. tubuh oleh tubuh itu sendiri se- 2. Jangan Tunda Berbuka. Sete­ lah lebih dari 12 jam tidak 5. Jangan sepelekan cairan. Air cara alami. Namun proses ini akan merupakan zat yang sangat mendapat asupan, Anda harus sia-sia jika komposisi makanan dibutuhkan tubuh. Lebih dari memasukkan kalori yang seyang dikonsumsi tidak propor60 % tubuh manusia terdiri cara instan bisa digunakan. sional. Jika Anda ingin puasa yang dari air, sel-sel tubuh membuKonsumsi minuman bergula Anda lakukan dapat bermanfaat tuhkan “air” atau “cairan” agar yang hangat, tidak usah terlalu bagi kesehatan, ada beberapa hal organ tubuh berfungsi dengan manis. Saat berbuka adalah saat yang harus diperhatikan: baik. Pastikan Anda mengkonawal Anda memasukkan nutrisi 1. Setiap hari, Anda harus makan sumsi cairan yang cukup pada ke dalam tubuh. sahur pada waktu menjelang 3. Tidak dianjurkan untuk mesaat sahur dan berbuka. imsak disertai minum air putih nyantap seluruh hidangan yang 6. Konsumsi suplemen. Saat masebagai penutup. Kenapa sahur kan sahur atau berbuka banyak tersedia secara langsung pada penting karena selama waktu sekali yang melakukan hanya saat berbuka. Secara kesehatan berpuasa? Selama kurang lebih demi mengganti kalori yang cara berbuka seperti ini tidak 12 hingga 14 jam tubuh tidak hilang. Oleh karena itu tidak bagus karena pada saat berpuamendapat asupan gizi oleh heran jika banyak yang memilih sa organ pencernaan mengalakarena itu pada saat sahur hal mengonsumsi aneka makanan mi istirahat. Mengonsumsi setersebut harus diantisipasi. dengan karbohidrat tinggi tangala makanan yang disediakan Makan sewajarnya saja, pilih pa memperhitungkan asupan membuat pencernaan “kaget” makanan berserat tinggi dan vitamin dan mineralnya. Oleh sehingga bisa saja tidak berprotein tinggi. Hindari makakarena itu sangat dianjurkan fungsi secara baik. nan manis karena makanan tipe 4. Menjalankan puasa bukan ber­ untuk mengonsumsi suplemen ini akan membuat Anda cepat sesuai kebutuhan harian pada arti berhenti total berolahraga. lapar. Perlu diketahui bahwa saat sahur dan berbuka. Justru aktivitas harus tetap di-

IV / 2010

51


buy it

3

1

2

5

4

ALAT KESEHATAN 1. Compact Ultrasonic Nebulizer 3060: dengan metode ultrasonic, yaitu menggunakan getaran ultrasonic cairan didalam alat untuk memecah partikel obat menjadi uap. Bentuknya yang kecil dan ringan, mudah untuk dibawa kemana - mana 2. Microlife Probe Cover Free Ear Thermometer: pengukuran dengan metode menangkap gelombang panas di telinga dimana merupakan area terdekat dengan pusat panas tubuh 3. Microlife Automatic Blood Pressure Monitor: alat tensi upper arm yang lebih mudah pengguna足

52

IV / 2010

annya karena bisa digunakan sambil berbaring. Dapat menyimpan memori yang berbeda untuk 2 user, sehingga data pengukuran tidak tercampur dengan user lainnya 4. Accu Check Go blood glucose meter and lancing device: dengan strip ejector, dimana pemakai tidak perlu bersentuhan dengan strip yang sudah dipakai, sehingga lebih higienis 5. Laica electronic personal scale: sekaligus untuk mengetahui body fat dan body water tubuh.


IV / 2010

53


buy it

3

1

2 6

5

4

ORAL 1. Care me 3 sided toothbrush: dengan 3 sisi sikat membantu membersihkan area yang sulit dijangkau. Dilengkapi pula dengan tongue cleaner. Harga Rp 17.500,2. Colgate Fresh Cool: Kandungan tricloguard melindung lapisan gigi/gusi dari bakteri selama 12 jam. Harga Rp 29.500, 3. Sensodyne Cool Gel: melindungi gigi sensitif terhadap panas, dingin, asam, rasa manis dan sentuhan, mencegah gigi berlubang dan sebagai perawatan kesehatan gigi. Harga Rp 6.100,-

54

IV / 2010

4. Enkasari: cairan kumur dan telan untuk menghi­ langkan penyebab sariawan, mencegah superinfeksi, menyegarkan mulut, menghilangkan bau mulut serta meniadakan rasa nyeri yang disebabkan oleh radang sariawan. Harga Rp 15.950,5. Minosep obat kumur: perlindungan terhadap kuman, meringankan sariawan dan membantu memberi rasa segar di mulut. Harga Rp 22.000,6. Listerine Fresh Citrus: melawan kuman – kuman penyebab plak dan bau mulut. Harga Rp 18.700,-


IV / 2010

55


event

ELLE & MARC Marc by Marc Jacobs - nama yang sudah tidak asing lagi, pada bulan Mei lalu mengadakan launching party bersama majalah Elle. Optik Melawai ikut berpartisipasi pada acara ini, dengan menggelar koleksi kacamata Marc by Marc Jacobs terbaru serta memberikan doorprize kepada para pengunjung. Foto Doc: Optik Melawai

mobile woman Teknologi kini sudah menjadi salah satu sahabat wanita. Hal itulah yang disajikan pada gelaran acara Fashion Gadget for Mobile Woman, yang diselenggarakan di Hotel JW Marriot, bulan April lalu. Dengan teknologi terbaru, sudah selayaknya pula didukung dengan penampilan terkini de足n gan kacamata dari Optik Melawai. Foto Doc: Optik Melawai

56

IV / 2010


IV / 2010

57


event

HALL OF FAME 2010

Pada April 2010 majalah Tatler Indonesia mempersembahkan acara Fashion Hall of Fame, yang meng足gelar fashion show dari merek-merek ternama seperti Emilio Pucci, Herve Leger, Marchesa de足ngan menggunakan kacamata terbaru koleksi Optik Melawai di Hotel Mandarin Indonesia. Acara ini juga memberi penghargaan kepada sosok teladan fashion Indonesia, dengan ha足diah salah satunya dari Optik Melawai. Foto Doc: Tattler Indonesia

World Sight Optik Melawai ikut peduli pada kesehatan mata dengan berpartisipasi pada acara World Sight Day, melalui pemeriksaan mata gratis yang dilangsungkan di beberapa sekolah bersama dengan Johnson & Johnson. Selain itu, juga disisihkan dana donasi untuk setiap penjualan lensa kontak dari CIBA yang dibeli di Optik Melawai. Foto Doc: Optik Melawai

58

IV / 2010


IV / 2010

59


we hear you

Q:

Berapa lamakah best time limit seseorang memakai lensa kontak dalam sehari?

A:

8-12 jam per hari adalah masa pakai  lensa kontak yang ideal. Agar tetap sehat, mata kita secara konstan membutuhkan oksigen. Pada saat dipakai, lensa kontak mengahalangi sebagian pasokan oksigen yang harusnya diterima oleh mata kita. Pada saat kita melepas lensa kontak

dari mata kita, oksigen tersebut akan masuk ke kornea, dimana oksigen tersbut akan memperbarui, menyegarkan dan membantu meregenerasi sel-sel kornea. Jadi bila Anda menggunakan

Q: Makanan apa yang baik untuk mata dan dapat menurunkan minus? A: Makanan yang mengandung

antioksidan sangat baik untuk mata dan dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah yang berhubungan dengan mata, seperti macular degeneration, pembentukan katarak, dan rabun senja. Yang termasuk di dalam antioksidan adalah, Vitamin A, C dan E. Vitamin A terdapat pada mangga, bayam, daging, keju, susu dan juga pada wortel mentah, sumber terbaik yang mengandung beta karoten. Vitamin A berguna untuk memaksimalkan

60

IV / 2010

lensa kontak terlalu lama setiap harinya, maka proses tersebut tidak akan berjalan semestinya, sehingga jangka panjangnya kondisi kornea akan menjadi kurang sehat.

fungsi retina, yang juga berfungsi untuk menjaga mata dari rabun senja dan juga mencegah terjadinya katarak. Vitamin C terdapat pada jeruk, brokoli, yang mana dapat mengurangi macular degeneration dan juga mencegah terbentuknya katarak. Sedangkan vitamin E, dikenal sebagai pencegah timbulnya katarak, bisa didapatkan pada kacang-kacangan, dan juga sayuran yang berwarna hijau. Menjaga pola makan dan memperhatikan asupan makanan juga sangat penting, karena dengan nutrisi yang sehat akan menjaga kondisi penglihatan kita tetap maksimal. Mohon perhatiannya.


Q: Apakah beraktifitas di depan komputer terlalu lama akan membuat ukuran kacamata bertambah? A: Ya, bisa. Ukuran resep kacamata yang tidak tepat

atau bekerja terlalu dekat dengan lensa komputer, akan membuat mata kita berakomodasi secara berlebihan, yang akan menyebabkan penambahan ukuran pada rabun jauh. Kiat –kiat untuk mereka yang bekerja di depan komputer adalah, ambilah jeda waktu istirahat

pada saat membaca ataupun bekerja di bidang yang terlalu dengan dengan mata. Ambilah sikap duduk yang tepat. Hindari pantulan dari layar komputer. Pastikan agar cahaya yang Anda gunakan saat bekerja dengan jarak yang dekat sudah cukup terang.  Dan yang paling penting, JANGAN MEMBACA DENGAN JARAK YANG TERLALU DEKAT KE KOMPUTER. Jarak 40 cm adalah jarak ideal untuk mata melihat ke keyboard, dan 70 cm  adalah jarak yang ideal untuk mata melihat ke layar komputer.

Q: Berapa meter jarak daya pandang orang normal? A:

Dalam dunia optik, ketajaman penglihatan normal dilambangkan dengan angka 6/6. Angka 6 pada bagian atas, menerangkan dari jarak berapa Anda bisa membaca  huruf  di Snellen Chart  (papan yang digunakan pada  test ketajaman penglihatan mata) , sedangkan angka 6 di bagian bawah menerangkan  dari  jarak berapa  huruf  di Snellen Chart dapat  terbaca oleh penglihatan normal. Sebagai contoh; bila hasil yang didapat adalah 6/12, maka artinya  mata kita bisa membaca  dengan jelas huruf di Snellen Chart  dari  jarak 6 meter, sedangkan mata dengan  penglihatan normal dapat  membaca huruf tersebut  dari jarak 12 meter. Di Amerika lambang ini juga bisa diwakili dengan 20/20 , karena 20 kaki adalah setara dengan 6 meter.

IV / 2010

61


party

MUTU MANIKAM Akhir Juli lalu di Restoran Mera Delima berlangsung pameran perhiasan yang dikoordinasi oleh Noor Asia Uno. Perhiasan ini dibuat dari aneka logam mulia yang dihias oleh mutu manikam berkualitas prima yang semuanya direka oleh para seniman dari negara tetangga, Thailand. Cantik, menarik, dan sangatn inovatif. Naskah AD | Foto Rahmad Gunawan

FUN FOR ART

Seni murni tidak selalu harus serius, tetapi bisa pula direka dengan gaya yang sangat menyenangkan. Fun. Seperti pada Destination Art Wonderland yang menampilkan karya dari empat seniman muda Indonesia berbakat: Angki Purbandono, Badzruzzaman, Hendra Harsono, dan Theresia Agustina Sitompul yang pernah tampil di Vivi Yip Art Room. Naskah AD | Foto Kahfi Yudha

62

IV / 2010


64 buat 46 Selama 64 tahun BNI 46 sudah melayani masyarakat dan selama itu pula BNI dianggap sebagai salah satu bank yang tangguh dan terpercaya. Pada perayaan ulang tahun yang ke-64 bertema Tribute To Indonesia, dilakukan di Jakarta Convention Center diselenggarakan aneka pertunjukkan yang menampilkan kekayaan tanah air, termasuk pertunjukkan musikal Gita Cinta Naskah AD | Foto Rahmad Gunawan

Art Party Untuk kedua kalinyan Pacific Place bekerjasama dengan Bazaar Indonesia menagadakan Bazaar Art Jakarta yang menghadirkan galeri-galeri ternama di Inodneisa. Selain itu pada akhir Juli lalu dilakukan pula Art Part di Ballroom The Ritz-Cartlon Jakarta, Pacific Place yang dihadiri oleh pecinta seni, para seni, dan tak ketinggalan Menteri Perdagangan, Marie Pangestu. Naskah AD | Foto Rahmad Gunawan eleifend imperdiet

eleifend imperdiet

eleifend imperdiet IV / 2010

63


store location OPTIK MELAWAI JAKARTA l Jl. Melawai Raya No. 191-192 Telp.: (021) 725-2766/68 l Plaza Senayan, Level 1 No. 119C-121C Telp.: (021) 572-5113 l Senayan City, Lt. 1 No. 62 Telp.: (021) 7278-1510 l Jl. H.O.S. Cokroaminoto, No. 78 Telp.: (021) 3193-0409 l Plaza Indonesia, Extension Lt. 3 E13 Telp.: (021) 310-7572 l Grand Indonesia, Lt. 2 Unit B2-10 Telp.: (021) 2358-0280 l Grand Indonesia, Lt. 2 Unit SB-2-08 Telp.: (021) 2358-0564 l Pondok Indah Mall 1 Lt. Dasar No. 40-41 Telp.: (021) 750-6727 l Pondok Indah Mall 2, Lt. 1 No. 109 Telp.: (021) 759-20439 l Mal Kelapa Gading 3 Lt. Dasar No. G22 Telp.: (021) 453-3689 l Arion Plaza, Lt. Dasar No. 16 Telp.: (021) 471-1529 l Atrium Segitiga Senen Lt. Dasar No. 32C Telp.: (021) 386-7834 l Blok M Plaza, UG No. 2,3,4 Telp.: (021) 720-9139 l Central Park, UG No. 101 Telp.: (021) 5698-5057 l Cibubur Junction, GF No. G51 Telp.: (021) 877-56444 l Cilandak Mal, Lt. Dasar No.1 Telp.: (021) 7884-4504 l Cilandak Town Square Lt. 1 Unit No.110 Telp.: (021) 7592-0399 l Daan Mogot Mal, Lt. Dasar No.11 Telp.: (021) 541-8159 l Dharmawangsa Square City Walk Lt. Dasar Unit 19 Telp.: (021) 7278-7240 l Emporium Pluit Mall Ground Floor Unit G-15 Telp.: (021) 6667-6281 l Gajah Mada Plaza, Lt. Dasar No. 53-55 Telp.: (021) 633-6205 l Grand ITC Permata Hijau Lt. 1 Blok D16/A, Telp.: (021) 5366-4362 l Jl. Alternatif Cibubur Raya No. 9B Telp.: (021) 844-8378 l Jl. Balai Pustaka Timur No. 3 Telp.: (021) 475-7908 l Jl. Boulevard Barat KGP Blok LC VI/30-32 Kelapa Gading Telp.: (021) 453-5353 l Jl. Cempaka Putih Raya, No. 104A Telp.: (021) 425-6194 l Jl. Cipulir Raya No. 17 Telp.: (021) 7369-0612 l Jl. Danau Sunter Utara, Blok D1/7 Telp.: (021) 650-2933 l Jl. Kramat Raya No. 148A-B Telp.: (021) 390-0951 l Jl. Kemang Raya No. 5 Telp.: (021) 7179-0715 l Jl. Mangga Besar Raya, No. 92A-B Telp.: (021) 626-7404 l Jl. Muara Karang Raya No. 41 Telp.: (021) 660-3586 l Jl. Pasar Minggu No. 44 Telp.: (021) 7919-5818 l Jl. Salemba Raya No. 57-59 Telp.: (021) 392-5888 l Jl. Tanah Abang II No. 76 Telp.: (021) 3483-2311 l Jl. Tanjung Duren Raya, No. 83-85 Telp.: (021) 568-6461 l Jl. Tebet Raya No. 9B Telp.: (021) 831-8790 l Jl. Tomang Raya No. 32 Telp.: (021) 565-7529

64

IV / 2010

l

l

l

l

l

l

l

l

l

l

l

l

l

l

l

Jl. Wijaya I No. 65 Telp.: (021) 720-4854 Komp. Ruko Green Garden Blok i9 No. 21-23, Telp.: (021) 580-9921 Mal Ambasador, UG No. 1 Telp.: (021) 576-0089 Mal Artha Gading, GF Blok B6 No. 25 Telp.: (021) 4586-4085 Mal Cinere, Lt. Dasar No. 36 Telp.: (021) 754-5045 Mal Ciputra, LG No. 32 Telp.: (021) 568-1551 Mal of Indonesia Kelapa Gading Square, GF unit B1 Telp.: (021) 4586-8084 Mall Pejaten Village Ground Floor Unit G25 Telp.: (021) 780-0412 Mal Puri Indah, Lt. Dasar No. 30 Telp.: (021) 582-2436 Mal Sunter, Lt. 1 Blok G No. 7 Telp.: (021) 6583-2790 Mal Taman Anggrek, UG Unit 82A Telp.: (021) 563-9313 Mal Taman Anggrek, Lt. II No. E26 Telp.: (021) 5699-9249 Pacific Place Podium Level 1-Floor No. 47 Telp.: (021) 5140-2757 Pertokoan Harco Pasar Baru Lt. Dasar No. 108 (Pintu Utama) Telp.: (021) 345-2060 Plaza Cibubur, Lt. 1 No. 29 Telp.: (021) 8459-7265

Summarecon Mal Serpong Lt. Dasar No. GF-26 Telp.: (021) 542-10896 l Supermal Karawaci, Lt. UG No.93 Telp. : (021) 546-2411 l

DEPOK l Jl. Margonda Raya No. 192 Telp.: (021) 7721-2136 l Margo City Depok, Lt. 1 No. 49 Telp.: (021) 7888-4681 BEKASI l Bekasi Square, GF No. 130-131 Telp.: (021) 8243-4796 l Hero Kemang Pratama, Lt. 1 LA-10 Telp.: (021) 8241-6914 l Jababeka ruko Capitol Business Park No. 2N Telp.: (021) 8983-4316 l Jl. H. Juanda No. 98B Telp.: (021) 8834-0252 l Mal Metropolitan Lt. Dasar No. 12-14 Telp.: (021) 884-0149 l Mal Lippo Cikarang, Lt. Dasar No. 49 Telp.: (021) 897-2541 l Plaza Buaran, Lt. Dasar Unit No.1&2 Telp.: (021) 8661-5054 l Pondok Gede Mal 2, Blok D No. 1&3 Telp.: (021) 8493-8474 SERANG l Serang Mal, Lt. Dasar Pintu Utama Telp.: (0254) 824-1431

BANDUNG l Bandung Indah Plaza Lt. 1 No. 52-53, Telp.: (022) 420-3257 l Istana Plaza, GF No. D2 Telp.: (022) 600-5463 l Bandung Supermal Lt. Dasar A061, 063 Telp.: (022) 9109-1163 l Bandung Trade Center GF Blok A2 No.1, Telp.: (022) 612-6441 l City Walk Cihampelas, Lt. Dasar L12 Telp.: (022) 206-1086 l Jl. Buah Batu Raya No. 169B Telp.: (022) 731-1601 l Jl. Lengkong Besar No. 3B Telp.: (022) 420-7997 l Jl. Juanda No. 7-9 Telp.: (022) 422-2892 l Jl. Terusan Jakarta No. 53C Telp.: (022) 720-6193 l Jl. Sukajadi No. 152F Telp.: (022) 203-6306 l Jl. Sunda No. 44 Telp.: (022) 420-1184 l Komp. Ruko Kopo Mas, Blok B No.9 Telp.: (022) 543-0393 l Metro Trade Centre Lt. GF Blok A1 No. 52,53,55,56 Telp.: (022) 753-8454 l Paris Van Java, GF No. B-35 Telp.: (022) 8206-3605 l Riau Junction Lt. 1 Unit R1-02 & R1-03 Telp.: (022) 420-2494

l

l

l

l

l

Duta Pertiwi Mal, GF Blok KJ-8 Telp.: (024) 8657-8044 Grand Paragon, Lt. 1 No. 4 Telp.: (024) 865-79075 Jl. Gajah Mada No.13 Telp.: (024) 355-2932 Mal Ciputra, Lt. Dasar No. 61 Telp.: (024) 831-8737 Simpang Lima Plaza, Lt. 1 No. 101 Telp.: (024) 845-2683

SOLO l Jl. Gatot Subroto No. 70 Telp.: (0271) 645-844 l Jl. Sutan Syahrir No. 75 Telp.: (0271) 656-856 l Solo Square, GF No. 52-56 Telp.: (0271) 765-1502 YOGYAKARTA l Ambarukmo Yogya, GF No. A11 Telp.: (0274) 433-1136 l Jl. Urip Sumoharjo No. 29 Telp.: (0274) 560-182 l Mal Malioboro, Lt. I No. 15-16 Telp.: (0274) 589-490 MADIUN l Modern Plaza, Lt. I No. 5-6 Telp.: (0351) 467-490 KEDIRI l Jl. Doho No. 24 Telp.: (0354) 681-604 MALANG l Araya Plaza, Lt. Dasar No. 1.14-1.15 Telp.: (0341) 409-325 l Dieng Plaza, Lt. I No. 107-108 Telp.: (0341) 572-270 l Jl. Wiryopranoto No. 2-2A Telp.: (0341) 368-591 l Malang Town Square GF Blok GS/39 No. 1,2,3,5,6,7 Telp.: (0341) 559-211 l Olympic Mall GF No .8,9,10,18,19,20 Telp.: (0341) 363-110 SIDOARJO l Jl. Ahmad Yani No. 40E-F Telp.: (031) 892-9364 l Suncity Mall, Lt. 1 No. A34 Telp.: (031) 807-1025

Plaza Kalibata 2, Lt. Lobby No. L-53 Telp.: (021) 797-0850 Plaza Semanggi, UG No.43 Telp.: (021) 2553-6791 Pluit Village Ground Floor Unit No. 105 Telp.: (021) 668-4005 Puri Indah Ruko Blok A No. 23,24,25 Telp.: (021) 580-6730 Slipi Jaya Plaza, Pintu Utama Telp.: (021) 534-6364

BOGOR l Botani Square Lt. Dasar Unit G No. 81B Telp.: (0251) 840-0801 l Eka Lokasari Plaza Lt. Dasar No.G-36 Telp.: (0251) 836-2923

TANGERANG l BSD Plaza, Lt. Dasar No. 36 Telp.: (021) 537-1431 l Mal Diamon Mahkota Mas, Lt. Dasar Telp.: (021) 554-3242 l Metropolis Town Square Lt. Dsr. BIok GA-3 No. 8-10 Telp.: (021) 5578-0300 l Plaza Bintaro Jaya Lt. Dsr. Blok E No.14 Telp.: (021) 735-5360 l Ruko Sutera Niaga II No. 18 Jl. Raya Serpong, Telp.: (021) 5312-3746

SUKABUMI l Supermal Sukabumi Lt. Dasar No. B7-A Telp.: (0266) 232-835

l

l

l

l

l

CILEGON l Cilegon Supermal Lt. Dasar Blok A No. 10-15 Telp.: (0254) 376-299

KARAWANG l Mega M Matahari, Lt. Dasar No. B1-2 Telp.: (0267) 412-692 CIKAMPEK l Cikampek Mall Lt. Dasar Blok C No. 133-135 Telp.: (0264) 304-501

l

Setrasari Plaza, Lt. Dasar Telp.: (022) 200-7370

TASIKMALAYA l Mayasari Plaza Lt. Dasar Blok C No. 0001 Telp.: (0265) 231-6161 l Plaza Asia, Lt. LG Unit 06 Telp.: (0265) 235-2166 CIREBON l Grage Mal, Lt. Dasar No. L104-105 Telp.: (0231) 242-672 TEGAL l Pacific Mal, GF No. 6-7 Telp.: (0283) 352-251 KUDUS l Jl. A. Yani No. 22 Telp.: (0291) 432-628 SEMARANG l Candi Plaza, Lt. Dasar Telp.: (024) 831-3564

SURABAYA l Tunjungan Plaza 4, Lt. I No. 27-28 Telp.: (031) 534-2006 l Tunjungan Plaza 3, Level 1 PC 01 03 Telp.: (031) 531-9210 l Mal Galaxy, Lt. I No. 103-104 Telp.: (031) 593-7376 l Pakuwon Indah Supermal G-59, G-80, Telp.: (031) 739-0013 l City of Tommorrow GF Unit GS-60 No. 1,2,3,5 Telp.: (031) 5825-1021 l Delta Plaza, Lt. 1 Unit 3,4,5 Telp.: (031) 531-4333 l Jl. Bratang Binangun MRI Blok D No. 7, Telp.: (031) 504-3907 l Jl. Diponegoro No. 186A Telp.: (031) 563-1465 l Jl. HR. Muhammad No. 116A Telp.: (031) 734-5911 l Jl. Jemur Sari No. 90 Telp.: (031) 841-5116 l Jl. Kertajaya No. 141B-C Telp.: (031) 503-2242 l Jl. Mayjen. Sungkono Komp. Darmo Park, Blok II No.3 Telp.: (031) 568-4856 l Jl. Mulyosari Blok PFF, No.76 H-J Telp.: (031) 593-7760


Maspion Square, Lt. Dasar No. G-15 Telp.: (031) 847-7615 l Royal Plaza Level Ground Unit C2 No.1,2,3,31 Telp.: (031) 827-1606 l Pasar Atum Mall, Lt. 1 Stand A-57 Telp.: (031) 353-6639 l Surabaya Town Square Level Unit P-70 Telp.: (031) 563-2175 l

JEMBER l Komp. Ruko Mutiara Jl. Diponegoro No.16 Telp.: (0331) 426-515 MEDAN l Sun Plaza, GF Blok A No. 21,22,33 Telp.: (061) 450-1043 l Deli Plaza, Lt. Dasar Blok M No. 1 Telp.: (061) 456-3476 l Grand Palladium Medan Lt. Dasar GS-21 No.1,2,3,5 Telp.: (061) 451-4334 l Thamrin Plaza, Lt. II No. 42-43 Telp.: (061) 736-2278 BATAM l DC Mal, GF No.26-27 Telp.: (0778) 400-231 l Jl. Bumi Indah Blok E/12, Nagoya Telp.: (0778) 457-289 l Mal Nagoya Hill, Lt. Dasar No.1 Telp.: (0778) 749-3531 l Mega Mal Batam Center GF No. G118-119 Telp.: (0778) 470-201 l Panbill Mal, Lt. Dasar No. 13-15,25-27 Telp.: (0778) 371-004 PEKANBARU l Mal Ciputra Seraya, GF No.16 Telp.: (0761) 868-616 l Mal SKA, Lt. Dasar No. 47 Telp.: (0761) 864-201 l Plaza Citra Lt. Dsr. Blok AD No.1 Telp.: (0761) 284-57 l Plaza Senapelan Lt. I Blok AI No.37-38 Telp.: (0761) 268-98 PADANG l Plasa Andalas, Lt.1 No.1 Telp.: (0751) 753-0030 PALEMBANG l Palembang Indah Mal, GF No. 16-17 Telp.: (0711) 762-3063 l Palembang Square, Lt. 1 No. 51,52 Telp.: (0711) 357-000 BANGKA l Pangkal Pinang Plaza Lt. Dasar Pintu Utama Telp.: (0717) 421-515 JAMBI l Jl. Gatot Subroto No.26 Telp. : (0741) 212-25 l WTC Batang Hari Lt. Dasar Blok B No. 1,2,3,4,26 Telp. : (0741) 783-7006 LAMPUNG l Mal Kartini, Lt. Dasar Blok B1 No. 5 Telp. : (0721) 252-176 BALI l Mal Discovery, Lt. Dasar No. MG 8 Telp.: (0361) 769-636 l Mal Discovery, Lt. Dasar No. MG 68-70 Telp.: (0361) 769-766 l Kuta Square Blok D No.21 Telp.: (0361) 755-097

l

l

l

l

l

Galeria Mal Bali Blok 1B, No. 47 Telp.: (0361) 767-047 Bali Collection Kawasan Pariwisata Nusa Dua Island Store B No. 4 Telp.: (0361) 772-285 Jl. Gatot Subroto No. 314 Telp.: (0361) 425-345 Komp. Diponegoro Megah, A No.4 Telp.: (0361) 221-972 Komp. Ruko Udayana Jl. P. B. Sudirman Kav. 21B Telp.: (0361) 254-282

LOMBOK l Mataram Mal, Lt. Dasar Blok L Telp.: (0370) 629-884 KUPANG l Flobamora Mall, Lt. Dasar No. D-2 Telp.: (0380) 840-290 PONTIANAK l Ayani Mega Mal, GF No. AG-25 Telp.: (0561) 761-312 l Jl. Gajah Mada No. 90 Telp.: (0561) 741-188 PALANGKARAYA l Mega Top Trade Center, Lt.1 Telp.: (0536) 322-9369 l Palangkaraya Mal Lt. Dasar Unit D32 & D38 Telp.: (0536) 324-1322 BANJARMASIN l Duta Mall, Lt.1 No. A7 Telp.: (0511) 326-4979 l Jl. P. Samudra No. 81B Telp.: (0511) 336-5918 BALIKPAPAN l Balikpapan Plaza, Lt. Dasar No.5 Telp.: (0542) 424-177 l E-Walk Balikpapan, GF No. 32 Telp.: (0542) 721-3665 l Jl. Ahmad Yani No. 100 Telp.: (0542) 421-330 SAMARINDA l Central Plaza, Lt. Dsr. No.06-07 Telp.: (0541) 741-298 l Mal Lembuswana Lt. Dsr. Blok I No.1-2 Telp.: (0541) 206-645 l Mal Mesra Indah, Lt.2 No. 202-203 Telp.: (0541) 748-358 l Plaza Mulia, GF No. 28-29 Telp.: (0541) 777-0852 MAKASSAR l Jl. Somba Opu No. 167-169 Telp.: (0411) 333-474 l Latanete Plaza Blok D No. 6 Telp.: (0411) 311-832 l Ratu Mal, Lt. Dasar No.130A-131B Telp.: (0411) 834-414 l Panakukang Mall, Lt. B1 No. 21-22 Telp.: (0411) 423-611 MANADO l Manado Boulevard Center Blok C4 Telp.: (0431) 850-080 l Manado Town Square, Lt.1 No.1 Telp.: (0431) 888-1047 l Megamall Manado, GF No. 35 Telp.: (0431) 879-609 KENDARI l Brylian Plaza Kendari Lt. Dasar Blok A/1 Telp.: (0401) 396-317 l Rabam Mall Telp.: (0401) 319-6536

OUTLETS PABD JAKARTA l Jl. Melawai Raya No. 192 Telp.: (021) 726-6555 PAPUA l Emporium Mal Pluit, GFUnit G-15 l Jl. Raya Kemiri 286 Blok B, No.2 Telp.: (021) 6667-6281 Telp.: (0967) 593-434 l Jl. H.O.S. Cokroaminoto, No. 78 l Sentani Mall, Lt. Dasar Blok B1 No.1 Telp.: (021) 3193-0409 Telp.: (0967) 593-883 l Jl. Mangga Besar Raya, No. 92 A-B Telp.: (021) 624-8567 OUTLETS SUN Z l Jl. Salemba Raya No. 57-59 JAKARTA Telp.: (021) 392-7777 l Plaza Indonesia, Lt. 2 No. 56 l Mall Kelapa Gading 3 Telp.: (021) 230-0542 Lt. Dasar No. G22 l Plaza Senayan, Lt. 3 No. 319C Telp.: (021) 452-8610 Telp.: (021) 572-5209 l Mall Taman Anggrek UG Blok E 24-37 OUTLETS OPTIK KELUARGA Telp.: (021) 563-9059 JAKARTA l Puri Indah Ruko, Blok A No. 23,24,25 l Arion Plaza, Lt. Dasar No.16 Telp.: (021) 580-6730 Telp.: (021) 470-1484 l Mal Pondok Indah 1 l Citra Mal Klender, Lt.1 No.1 Lt. Dasar No. 40-41 Telp.: (021) 8660-6282 Telp.: (021) 750-6727 l Graha Cijantung, Lt. Dasar. No. 35 l Senayan City, Lt. 1 No. 62 Telp.: (021) 8779-3335 Telp.: (021) 7278-1266 l Jl. R.S. Fatmawati No. 37 Telp.: (021) 750-9882 DEPOK l Kramat Jati Indah Plaza l Jl. Margonda Raya No. 192 Lt. Dasar No. 43, Telp.: (021) 8088-0408 Telp.: (021) 7721-5771 l Mal Daan Mogot, Lt. Dasar No.10 Telp.: (021) 5437-3309 TANGERANG l Mal Kalibata, Lt. Dasar Blok C l Plaza Bintaro Jaya No. 14-15, Telp.: (021) 797-0155 Lt. Dasar Blok E No. 14 l Mal Sunter, Lt. 1 Blok G No. 7 Telp.: (021) 735-5360 Telp.: (021) 6583 4197 l Supermal Karawaci, Lt. UG No. 93 l Mangga Dua Square Telp.: (021) 5421-1588 GF Blok B No. 75,76,77,82 Telp.: (021) 6231-3143 BOGOR l Mal Ciputra, Lt. 1 No. 34 l Botani Square Telp.: (021) 5695-4810 Lt. Dasar Unit G No. 81B l Plaza Baru Ciledug Telp.: (0251) 840-0801 Lt. Dasar Blok A No. IVA Telp.: (021) 7345-1283 BANDUNG l Poins Square Lebak Bulus l Jl. Juanda No. 7-9, Dago Lt. UG No. 35,36,26A,37 Telp.: (022) 422-2893 Telp.: (021) 7592-1464 l Slipi Jaya Plaza, Pintu Utama SEMARANG Telp.: (021) 548-0912 l Jl. Gajahmada No. 13 Telp.: (024) 358-0216 TANGERANG PALU Mal Tatura, Lt. Dasar No.18 Telp.: (0451) 456-696 l

l

Plaza Bintaro Jaya Lt. Dasar Blok E No. 13 Telp.: (021) 737-8341

BEKASI l Graha Indah Pondok Gede Blok A No.1-2, Telp.: (021) 8499-5489 l Grand Mal Bekasi, Lt. Dasar Telp.: (021) 8895-4740 l Mal Metropolitan, Lt. I No.12-14 Telp.: (021) 886-6935 l Mega Bekasi, GF Blok A13 No. 112,115,116,117, Telp.: (021) 886-6220 BANDUNG l Jl. Setiabudi No. 170K Telp.: (022) 203-8201 CIREBON l Jl. Karang Getas Blok C No. 8 Telp.: (0231) 232-267 SURABAYA l Delta Plaza, Lt.1 Unit No. 42&72 Telp.: (031) 531-6144 l Pakuwon Indah Supermal, G-60 Telp.: (031) 739-0351 MEDAN l Plaza Medan Baru, Lt. 1 No. A6 Telp.: (061) 456-5385 MAKASSAR l Panakukang Square, Lt. II No. 82 Telp.: (0411) 466-2120

YOGYAKARTA l Jl. Urip Sumoharjo No. 29 Telp.: (0274) 560-182 SURABAYA l Jl. Kertajaya No. 141B-C Telp.: (031) 502-8559 MALANG l Jl. Wiryopranoto No. 2-2A Telp.: (0341) 368-591 PEKANBARU l Citra Plaza Lt. Dasar Blok AD No.1 Telp.: (0761) 284-68 MEDAN l Sun Plaza, GF Blok A No. 21,22,23 Telp.: (061) 450-1252 MAKASSAR l Latanete Plaza, Blok D No. 6 Telp.: (0411) 313-731 APOTIK MELAWAI JAKARTA l Jl. Melawai Raya No. 191 Telp.: (021) 724-6109 l Jl. Balai Pustaka Timur No.3 Telp.: (021) 472-2776 l Jl. Cileduk Raya No.17 Telp.: (021) 7369-0486 l Jl. Kemang Raya No. 7 Telp.: (021) 719-5931

l

l

l

l

l

l

l

l

l

l

Jl. Kramat Raya No. 148 Telp.: (021) 391-1491 Jl. Pakubuwono VI No. 6 Telp.: (021) 725-0324 Jl. RS. Fatmawati No. 37 Telp.: (021) 750-9886 Jl. Salemba Raya No. 57-59 Telp.: (021) 315-0589 Jl. Tanah Abang II No. 76 Telp.: (021) 386-0244 Jl. Tanjung Duren Raya, No. 85 Telp.: (021) 568-5020 Jl. Tomang Raya No. 32 Telp.: (021) 565-6586 Jl. Wijaya I No. 65 Telp.: (021) 739-7454 Jl. Raya Pasar Minggu No. 44 Telp.: (021) 7918-3552 Rukan Bintaro, Blok 3A No. 02/03 Telp.: (021) 735-6517

DEPOK l Jl. Margonda Raya, No. 194-196 Telp.: (021) 7721-2135 LAB.KLINIK JAKARTA l Jl. Melawai Raya No. 191 Telp.: (021) 724-6109 SATE KHAS SENAYAN l Jl. Pakubuwono VI No. 6 Telp. (021) 726-9032 l Hayam Wuruk No. 82 Telp. (021) 622-02025 l Jl. Danau Sunter Utara Blok D 1/7-Sunter Garden Telp. (021) 650-3015 l Jl. H.O.S. Cokroaminoto, No. 78 Telp. (021) 392-8763 / 314-6241 l Jl. Kebon Sirih No. 31A Telp. (021) 3192-6238 l Jl. Raya Pasar Minggu No. 44 Telp.: (021) 7918-4166 l Jl. Salemba Raya No. 59 Telp. (021) 392-6279 l Jl. Tanah Abang II No. 76 Telp. (021) 384-7270 l Kelapa Gading, Inkopal Blok C 21-22 Telp. (021) 4585-9080 l Kemang Square Jl. Kemang Raya No. 3A Telp. (021) 7179-4717 l Puri Indah Ruko, Blok A No. 23-25 Telp. (021)580-6729 DEPOK l Jl. Margonda Raya No. 194 Telp.: (021) 7721-2078 SATE KHAS SENAYAN EXPRESS l Citywalk Sudirman Ground Floor No. 19-20 Telp.: (021) 255-6671 l Emporium Pluit Mall Lt. 2 No. 38-40A Telp.: (021) 6667-6367 l Grand Indonesia Mall C Bridge Level 3C Unit 1-1 Telp.: (021) 2358-0939 l Mall Artha Gading, Lt.1 Telp.: (021) 4586-4090 l Mall Pondok Indah 2, FC-20 Telp.: (021) 7592-0646 l Plaza Senayan, FC Lt. 3 Unit 341C Telp.: (021) 572-5328 l Senayan City, Food Studio Lt. 5 No. 24, Telp.: (021) 7278-1461 l Summarecon Mal Serpong Food Court Unit No. 2F-32A Telp.: (021) 5420-2350

IV / 2010

65


QUIZ

When You Expect The Very Best

Kacamata adalah aksesoris dan kebutuhan bagi Anda yang mengutamakan penampilan. Optik Melawai selalu mengeluarkan produk berkualitas tinggi dan high end, menjadikan Anda terdepan di kelasnya. Be more sophisticated with Optik Melawai.

Dapatkan 3 voucher Optik Melawai senilai @ Rp500.000 untuk 3 pemenang, dengan menjawab pertanyaan dibawah ini : Bagaimana menurut Anda pelayanan di Optik Melawai? b. Cukup Memuaskan c. Kurang Memuaskan a. Memuaskan Berikan alasan Anda:

....................................................................................................... .......................................................................................................

Serves with speed, precision, accuracy and care Keutamaan dalam pembelian obat di apotik Melawai adalah kecepatan, ketepatan dan kecermatan dalam meracik obat untuk konsumen. Jasa medis lainya adalah Laboratorium Klinik Melawai yang mempunyai fasilitas terlengkap dalam melayani Anda. Apotik dan Laboratorium Klinik Melawai memberikan pelayanan terbaik demi kesehatan keluarga. Dapatkan 2 voucher Laboratorium Klinik Melawai @Rp200.000 untuk 2 pemenang dengan menjawab pertanyaan di bawah ini: Berapa kali Anda melakukan pemeriksaan Laboratorium selama setahun? a. 1 kali b. 2 kali c. 3 kali Berikan alasan Anda:

....................................................................................................... .......................................................................................................

Feel the Unique of Indonesian Food Nikmati beragam sajian hidangan khas Indonesia de足 ngan menu pilihan serba tradisional di Sate Khas Senayan. Karak足ter yang unik dari masakan Indonesia ditawarkan oleh Restoran yang telah ada selama lebih dari 30 tahun ini untuk Anda para pecinta kuliner. Dapatkan 3 voucher dari Sate Khas Senayan senilai @ Rp.100.000 untuk 3 pemenang, dengan menjawab pertanyaan di bawah ini : Apakah menu favorit Anda di Sate Khas Senayan ?

a. Tahu Telor

b. Sate Sapi

c. Sate Ayam

Berikan alasan Anda:

....................................................................................................... ....................................................................................................... Kirim jawaban Anda melalui email: insight@melawai.com. Paling lambat 31 Oktober 2010. Sertakan nomor telepon (yang bisa dihubungi) dan nomor identitas Anda. Hati-hati terhadap segala bentuk penipuan! Kami hanya akan menghubungi pemenang via email dan telepon

66

IV / 2010


IV / 2010

67


68

IV / 2010


Insight Magazine (Optik Melawai)