Page 1

Tugas TI

Komang Adhi Widyarthana NIM : 10.51.062

Tehnik Informatika STMIK Denpasar 2010-2011


Berikut ini beberapa artikel untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan. Semoga ini dapat bermanfaat bagi kita semua. 1. Mengapa kita menggunakan Jaringan Komputer? 2. Apa Manfaat dari Jaringan Komputer 3. Jelaskan jenis-jenis transmisi. 4. Apa yang dimaksud dengan Full Duplex dan Half Duplex? 5. Apa yang anda ketahui tentang LAN, WAN, MAN? 6. Gambarkan Topologi Jaringan: Mesh, Star, Bus, Ring dan Hierarchy. 7. Apa peralatan yang digunakan untuk membangun jaringan Komputer? 8. Apa itu internet? 9. Mengapa kita menggunakan Internet? 10. Apa saja resources yang bisa didapat dari Internet? 11. Apa yang diperlukan untuk mengakses Internet? 12. Apa efeck negative dari internet? Mari kita mencoba untuk menjawabnya. 1. Jaringan computer merupakan kumpulan dari beberapa computer yang saling terhubung antara satu dengan yang lain. Dengan terhubungnya beberapa computer pada suatu tempat kerja, ini dapat mempermudah kita untuk saling bertukar informasi dan juga dapat menggunakan suatu fasilitas secara bersama-sama. Dengan jaringan computer kita dapat menghemat waktu, uang dan juga tenaga. 2. Seperti yang ada di bagian no.1, dengan Jaringan Komputer kita dapat bertukar informasi dengan cepat dan menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada dalam suatu workspace menggunakan service-service atau layanan-layanan yang tersedia dalam jaringan tersebut. 3. Jenis-jenis Transmisi Jenis media transmisi Guided transmission media atau media transmisi terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem kabel.


Twisted Pair Cable

Twisted pair cable atau kabel pasangan berpilin terdiri dari dua buah konduktor yang digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan interferensi lektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel Unshielded twisted-pair (UTP),dan crosstalk yang terjadi di antara kabel yang berdekatan. Ada dua macam Twisted Pair Cable, yaitu kabel STP dan UTP. Kabel STP (Shielded Twisted Pair) merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer. Kabel ini berisi dua pasang kabel (empat kabel) yang setiap pasang dipilin. Kabel STP lebih tahan terhadap gangguan yang disebebkan posisi kabel yang tertekuk. Pada kabel STP attenuasi akan meningkat pada frekuensi tinggi sehingga menimbulkan crosstalk dan sinyal noise. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) banyak digunakan dalam instalasi jaringan komputer. Kabel ini berisi empat pasang kabel yang tiap pasangnya dipilin (twisted). Kabel ini tidak dilengkapi dengan pelindung (unshilded). Kabel UTP mudah dipasang, ukurannya kecil, dan harganya lebih murah dibandingkan jenis media lainnya. Kabel UTP sangat rentan dengan efek interferensi elektris yang berasal dari media di sekelilingnya.


Coaxial Cable

Kabel koaksial adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Kabel ini banyak digunakan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas. Karena kemampuannya dalam menyalurkan frekuensi tinggi tersebut, maka sistem transmisi dengan menggunakan kabel koaksial memiliki kapasitas kanal yang cukup besar. Ada beberapa jenis kabel koaksial, yaitu thick coaxial cab le (mempunyai diameter besar) dan thin coaxial cable (mempunyai diameter lebih kecil). Keunggulan kabel koaksial adalah dapat digunakan untuk menyalurkan informasi sampai dengan 900 kanal telepon, dapat ditanam di dalam tanah sehingga biaya perawatan lebih rendah, karena menggunakan penutup isolasi maka kecil kemungkinan terjadi interferensi dengan sistem lain. Kelemahan kabel koaksial adalah mempunyai redaman yang relatif besar sehingga untuk hubungan jarak jauh harus dipasang repeater-repeater, jika kabel dipasang diatas tanah, rawan terhadap gangguan-gangguan fisik yang dapat berakibat putusnya hubungan. sebenarnya tidak ada yang berguna bagi anjing-anjing rumahan


Fiber Optic

Serat optik adalah saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Berdasarkan mode transmisi yang digunakan serat optik terdiri atas Multimode Step Index, Multimode Graded Index, dan Singlemode Step Index. Keuntungan serat optik adalah lebih murah, bentuknya lebih ramping, kapasitas transmisi yang lebih besar, sedikit sinyal yang hilang, data diubah menjadi sinyal cahaya sehingga lebih cepat, tenaga yang dibutuhkan sedikit, dan tidak mudah terbakar. Kelemahan serat optik antara lain biaya yang mahal untuk peralatannya, memerlukan konversi data listrik ke cahaya dan sebaliknya yang rumit, memerlukan peralatan khusus dalam prosedur pemakaian dan pemasangannya, serta untuk perbaikan yang kompleks membutuhkan tenaga yang ahli di bidang ini. Selain merupakan keuntungan, sifatnya yang tidak menghantarkan listrik juga merupakan kelemahannya karena memerlukan alat pembangkit listrik eksternal.


Unguided Transmission Media Unguided transmission media atau media transmisi tidak terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem gelombang. Gelombang mikro

Gelombang mikro (microwave) merupakan bentuk radio yang menggunakan frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), yang meliputi kawasan UHF, SHF dan EHF. Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan MAN, warnet dan penyedia layanan internet (ISP). Keuntungan menggunakan gelombang mikro adalah akuisisi antar menara tidak begitu dibutuhkan, dapat membawa jumlah data yang besar, biaya murah karena setiap tower antena tidak memerlukan lahan yang luas, frekuensi tinggi atau gelombang pendek karena hanya membutuhkan antena yang kecil. Kelemahan gelombang mikro adalah rentan terhadap cuaca seperti hujan dan mudah terpengaruh pesawat terbang yang melintas di atasnya.


Satelit

Satelit adalah media transmisi yang fungsi utamanya menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lain. Satelit yang mengorbit pada ketinggian 36.000 km di atas bumi memiliki angular orbital velocity yang sama dengan orbital velocity bumi. Hal ini menyebabkan posisi satelit akan relatif stasioner terhadap bumi (geostationary), apabila satelit tersebut mengorbit di atas khatulistiwa. Pada prinsipnya, dengan menempatkan tiga buah satelit geostationary pada posisi yang tepat dapat menjangkau seluruh permukaan bumi. Keuntungan satelit adalah lebih murah dibandingkan dengan menggelar kabel antar benua, dapat menjangkau permukaan bumi yang luas, termasuk daerah terpencil dengan populasi rendah, meningkatnya trafik telekomunikasi antar benua membuat sistem satelit cukup menarik secara komersial. Kekurangannya adalah keterbatasan teknologi untuk penggunaan antena satelit dengan ukuran yang besar, biaya investasi dan asuransi satelit yang masih mahal, atmospheric losses yang besar untuk frekuensi di atas 30 GHz membatasi penggunaan frequency carrier.


Gelombang radio

Gelombang radio adalah media transmisi yang dapat digunakan untuk mengirimkan suara ataupun data. Kelebihan transmisi gelombang radio adalah dapat mengirimkan isyarat dengan posisi sembarang (tidak harus lurus) dan dimungkinkan dalam keadaan bergerak. Frekuensi yang digunakan antara 3 KHz sampai 300 GHz. Gelombang radio digunakan pada band VHF dan UHF : 30 MHz sampai 1 GHz termasuk radio FM dan UHF dan VHF televisi. Untuk komunikasi data digital digunakan packet radio.


Inframerah

Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat, dengan kecepatan 4 Mbps. Dalam penggunaannya untuk pengendalian jarak jauh, misalnya remote control pada televisi serta alat elektronik lainnya. Keuntungan inframerah adalah kebal terhadap interferensi radio dan elekromagnetik, inframerah mudah dibuat dan murah, instalasi mudah, mudah dipindah-pindah, keamanan lebih tinggi daripada gelombang radio. Kelemahan inframerah adalah jarak terbatas, tidak dapat menembus dinding, harus ada lintasan lurus dari pengirim dan penerima, tidak dapat digunakan di luar ruangan karena akan terganggu oleh cahaya matahari.

4. Aspek lain kinerja yang layak perhatian beberapa adalah modus operasi dari jaringan atau koneksi. Jelas, setiap kali kita terhubung bersama perangkat A B perangkat dan, harus ada beberapa cara untuk A untuk mengirim ke B dan B untuk mengirim ke A. Banyak orang tidak menyadari, bagaimanapun, bahwa teknologi jaringan dapat berbeda dalam hal bagaimana kedua arah komunikasi ditangani. Tergantung pada bagaimana jaringan sudah diatur, dan karakteristik dari teknologi yang digunakan, kinerja dapat diperbaiki melalui pemilihan mode meningkatkan kinerja. Dasar Komunikasi Mode Operasi Mari kita mulai dengan melihat tiga mode dasar operasi yang bisa ada untuk setiap koneksi jaringan, komunikasi saluran, atau interface. Simplex Dalam operasi simpleks, kabel jaringan atau saluran komunikasi hanya dapat mengirimkan informasi dalam satu arah; itu adalah "satu arah jalan". Hal ini mungkin tampak kontra-intuitif: apa gunanya komunikasi yang hanya perjalanan satu arah? Bahkan, setidaknya ada dua tempat yang berbeda di mana operasi simpleks ditemui di jaringan modern.


Yang pertama adalah ketika dua saluran berbeda yang digunakan untuk komunikasi: satu mentransmisikan dari A ke B dan yang lainnya dari B ke A. Ini mengejutkan umum, meskipun tidak selalu jelas. Sebagai contoh, kebanyakan jika tidak semua komunikasi serat optik simplex, menggunakan satu helai untuk mengirim data dalam setiap arah. Tapi ini mungkin tidak jelas jika pasangan untai serat digabungkan menjadi satu kabel. Simplex operasi juga digunakan dalam tipe khusus teknologi, terutama yang asimetris. Sebagai contoh, satu jenis akses Internet satelit mengirim data melalui satelit hanya untuk download, sementara dial-up modem biasa digunakan untuk meng-upload ke penyedia layanan. Dalam hal ini, baik link satelit dan koneksi dial-up beroperasi dalam mode simplex.

Half-Duplex Teknologi yang menggunakan operasi half-duplex yang mampu mengirim informasi dalam dua arah antara dua node, tetapi hanya satu arah atau yang lain bisa dimanfaatkan pada suatu waktu. Ini adalah modus cukup umum operasi ketika hanya ada media jaringan tunggal (kabel, frekuensi radio dan sebagainya) antara perangkat. Sementara istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan perilaku dari sepasang perangkat, bisa lebih umum merujuk pada sejumlah perangkat tersambung yang bergiliran transmisi. Misalnya, dalam jaringan Ethernet konvensional, perangkat apapun dapat mengirimkan, tetapi hanya satu dapat melakukannya pada suatu waktu. Untuk alasan ini, reguler (unswitched) jaringan Ethernet sering dikatakan sebagai "half-duplex", meskipun mungkin aneh untuk menggambarkan LAN seperti itu. Full-Duplex Dalam operasi full-duplex, sambungan antara dua perangkat yang mampu mengirim data dalam dua arah secara bersamaan. Full-duplex saluran dapat dibangun baik sebagai sepasang link simplex (seperti yang dijelaskan di atas) atau menggunakan satu saluran yang dirancang untuk memungkinkan transmisi simultan dua arah. Sebuah link fullduplex hanya dapat menghubungkan dua perangkat, link tersebut begitu banyak diperlukan jika beberapa perangkat harus tersambung bersama.


5. Pengertian LAN,WAN,MAN

Local Area Network (LAN) Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut : 1. Mempunyai kecepatan data yang lebih tinggi 2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit 3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.


Wide Area Network (WAN) WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Metropolitan Area Network (MAN) Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

6. Gambar Topologi Jaringan


7. Peralatan yang digunakan untuk membangun Jaringan Komputer: - Komputer (Server & Workstation) - NIC / LAN Card - Kabel Jaringan (UTP atau STP atau Coaxial atau Fiber Optic) - Konektor (RG11 atau RG45 atau RG58 atau RG8 atau Konektor Fiber Optic) - Hub/Switch - Sistem Operasi / Program 8. Pengertian Internet: Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data. Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. 9. Mengapa kita menggunakan Internet? Dalam dunia internet kita bisa mendapat informasi dengan cepat dan mudah dapat diakses dari mana saja, tentunya dengan syarat kita terhubung dengan Internet. Selain itu kita juga bisa bertransaksi online, melakukan hubungan pertemanan (social network), forum dan lain sebagainya. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari Internet 10. Resource yg bisa kita dapat: Informasi, file sharing, hiburan, dan lain sebagainya 11. Yang diperlukan untuk mengakses Internet, tentunya sambungan atau koneksi internet. Dalam hal ini sambungan ke internet bisa dengan menggunakan Modem, Jaringan LAN, WAN, MAN, Satelite. 12. efek negative internet: cyber crime / kejahatan dunia maya. Hacking, Carding, pornography, penipuan.

Jaringan Komputer  

Tanya Jawab tentang Jaringan Komputer

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you