Page 1

MAR 2009

www.cusawiran.org

metrosawiran

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN XV

Bukti

CU Sawiran

Sungguh Milik Anggota Apa yang ditunggu dan dilakukan anggota saat RAT Sawiran tiba? Hasil survei menunjukkan berbagai macam keunikan motivasi yang semuanya begitu indah: ingin curhat dan mengungkapkan keluhan-keluhannya terhadap apa yang sudah dialaminya bersama CU Sawiran ingin bertanya, meminta kejelasan atau klarifikasi tentang apa saja yang ada di laporan di Buku RAT ingin sumbang saran, pemikiran, kritik, ide, gagasan buat kebaikan CU Sawiran di masa yang akan datang ingin mendapatkan informasi2 penting yang terbaru dari pengurus, pengelola dan anggota yang lain ingin silahturahmi, kumpul bareng, bertemu melepas kangen di antara sesama anggota yang hanya 1 kali setahun. ingin memeriahkan pesta, datang bersama keluarga, menikmati hidangan, hiburan, hadiah dan souvenir.

1. 2. 3. 4.

5.

6.

“Rumah saya jauh,� kata Mas Nono seorang anggota yang berasal dari Batu. “Setiap RAT saya selalu mengajak anak dan istri saya. Saya senang suasananya, bikin saya tidak minder. Kami merasa enjoy, saya merasa diperhatikan, dan sungguh-sungguh merasa bagian dari CU Sawiran.� Bapak Joko seorang anggota yang paham betul seluk beluk keuangan terpanggil untuk mengkritisi laporan keuangan. Tidak tanggungtanggung ada 4 halaman analisa yang dibuat. CU Sawiran Ibu Kartini, anggota sangat berterima beliau hadir RAT palinTP Tosari sangat antusias, g awal, jam 7 pagi. kasih kepada Bapak Joko karena dibantu beberapa pemikiran untuk menyempurnakan kebijakan keuangan lembaga di masa yang akan datang. Ada beberapa anggota yang ingin meminta kejelasan dan mengkoreksi tentang data SHU. Tidak ada harga mati untuk meminta kejelasan dan koreksi. Kami terbuka untuk permintaan dan masukan itu. Karena yang ingin kita capai dalam RAT adalah bagaimana memberikan yang terbaik kepada lembaga dengan dijiwai semangat kebaikan dan berpikir positif sehingga mendorong tercapainya visi lembaga kita. Terima Kasih untuk Bapak Joyo dan Ibu Sri dan atas pemikiran kritisnya. Dan terima kasih juga untuk semua anggota yang begitu bersemangat dan bergairah menyongsong tahun 2009. Tetap bersemangat!


salam

penasehat Pengurus CU Sawiran | penanggung jawab Kokok Budianto | redaktur pelaksana Ibe Octaviano - Vivi Damayanti - Yohana Maria | alamat Ruko Sawojajar - Jl. Danau Toba A2 Sawojajar - Malang, Telp 0341 716316, Fax. 0341 716317 | iklan 0341 716316 e mail metro@cusawiran.org | rekening BCA an. CU Sawiran No. 316 310 2214 layout cetak AXA Creative Design, 0341 77 123 24 | 081 555 20 124 isi diluar tanggung jawab percetakan

Kepompong Hampir setengah tahun Buletin Sawiran tidak terbit. Saat-saat tersebut dipakai sebagai sarana refleksi dan introspeksi bagi anggota redaksi. Ibarat ulat yang akan berubah menjadi kupu-kupu, waktu setengah tahun tersebut merupakan saat-saat redaksi menjadi kepompong. Saat bertapa, saat merenung. Dan, kini kupu-kupu itu telah lahir dengan warna dan dandanan baru.

Buletin Sawiran kembali bernama Metro karena nama itu mudah disebut dan popular. Masih dengan semangat untuk melayani masyarakat lewat tulisantulisan yang mendorong orang untuk mandiri dalam merencanakan dan menata keuangan pribadi dan keluarga, mari kita tumbuhkan budaya baca. Sungguh, dengan membaca, pengetahuan kita tak terbatas cakrawala.

Kokok Budianto (General Manager CU Sawiran):

Yang Penting Kualitas, Bukan Hanya Kuantitas Di hadapan semua anggota CU Sawiran dalam setiap pelaksanaan RAT XV di masing-masing TP, Bapak Kokok Budianto (General Manager CU Sawiran) menjelaskan visi dan misi baru CU Sawiran. Visi CU Sawiran ialah menciptakan pertumbuhan lembaga yang berkualitas. Adapun misi untuk mencapai visi tersebut ialah: (1) meningkatkan kualitas SDM dan (2) meningkatkan kualitas asset, layanan, dan bisnis. Demi peningkatan kualitas, CU Sawiran melakukan perubahan struktur manajemen. Semua itu dilakukan sematamata demi semakin baiknya pelayanan kepada anggota. Ada 3 manajer baru yaitu: manajer operasional, manajer kredit atau account officer (AO), dan manajer pengembangan SDM.

3 PILAR CU “Sekarang ini jumlah calon anggota pasti sudah mencapai 4 ribu, sedangkan peserta tabungan umum mencapai 7 ribu. Jumlah yang amat besar,” tutur Bapak Budi. Namun, bukan kuantitas yang terpenting dalam penyelenggaraan sebuah lembaga keuangan. Bapak Budi justru menekankan pentingnya peningkatan kualitas anggota, lembaga, dan SDM-nya. Hal tersebut sejalan dengan 3 pilar Credit Union yaitu: (1) pendidikan, (2) solidaritas (kesetiakawanan), dan (3) keswadayaan. Pilar pendidikan selalu dijalankan oleh CU terhadap anggotanya. CU Sawiran selalu mengajak anggota untuk mengembangkan asset melalui kegiatan setia menabung. Bahkan, lembaga ini juga menerbitkan bulletin Metro Sawiran sebagai media informasi dan pendidikan angota.



metrosawiran

Pilar solidaritas membedakan CU Sawiran dengan Bank, BPR, atau koperasi lain. “Dengan menabung atau berinvestasi di CU, kita telah membantu anggota lain. Jadi, jika ada anggota memakai fasilitas pinjaman di CU, bukan lembaga yang menyediakan dananya, tetapi justru anggota lainnya,” begitu tegas Bapak Budi. Sehingga, jika ada anggota sengaja mengingkari kepercayaan yang diberikan kepadanya, misalnya dengan tidak melaksanakan kewajibannya, anggota itu telah menyakiti hati anggota lain. Ini tidak boleh terjadi.

KETERBUKAAN KEKELUARGAAN ”Jika anggota memiliki hambatan untuk membayar angsuran, sebaiknya datang ke kantor. Jangan lantas melarikan diri, ” kata Bapak Budi, ”CU Sawiran bersifat terbuka kekeluargaan. Segala masalah dapat diselesaikan bersama. Dicari solusi terbaik.” Bapak Budi mengingatkan bahwa semangat kekeluagaan ini penting, karena CU Sawiran ini milik anggota, bukan miliki pengurus atau manajemen. Mati hidupnya CU amat bergantung kepada komitmen anggota. Salah satu komitmen itu adalah bagaimana meningkatkan modal sendiri, bagaimana meningkatkan keswadayaan. ”Di Tosari uang yang berputar di anggota mencapai Rp 5 milyar. Dari sekian itu dana anggota berjumlah Rp 2 milyar. Artinya, Rp 3 milyar adalah dana pihak ketiga. Padahal setiap dana pihak ketiga tentu ada biayanya. Nah, biaya-biaya seperti itu akan mengurangi jumlah SHU. Kita harus berjuang meningkatkan jumlah modal sendiri agar kita sungguh-sungguh mandiri,” ungkap Bapak Budi.


kilasmetro sawiran entrepreneur community:

Sahabat Usaha Anggota Pada saat RAT, anggota CU pasti melihat sesuatu yang baru yang ditampilkankan CU Sawiran. Ya, ketika itu CU Swiran menampilkan profil usaha anggota dalam Slide yang ditampilkan saat RAT. Profil tersebut berupa Foto Anggota berserta usahanya, nama usaha, berikut nomor telepon yang bisa dihubungi. Suatu terobosan yang sangat baik. “Usaha saya jadi lebih dikenal oleh anggota lain”, ungkap salah satu anggota yang profilnya ditampilkan. Memang CU Sawiran berusaha selalu memberikan inovasiinovasi terbaru untuk anggotanya. Profil tersebut akan dilihat oleh ribuan orang anggota sehingga akan lebih dikenal dan menjadi referensi bagi anggota lain yang memerlukan produk / jasa yang diperlukan. Menampilkan produk/jasa/usaha anggota pada saat RAT adalah salah satu bagian dari program Sawiran Entrepreneur Community (SEC) yang mempunyai misi mendukung angota CU mengembangkan usaha anggotanya. “Saya sungguh bangga melihat usaha saya ditampilkan, jadi seperti iklan,” kata salah seorang anggota. “Saya jadi lebih mengenal anggota-anggota CU lain yang berkunjung ke toko saya” Profil /produk anggota nantinya tidak hanya ditampilkan dalam RAT, namun akan diberikan iklan baris secara gratis pada

Kantor Pusat

Km 6, Nongkojajar Pasuruan Tel. (0343) 7735535 Fax. (0343) 499303

Pasuruan

Nongkojajar Km 6, Nongkojajar Pasuruan Tel. (0343) 7735535 Fax. (0343) 499303 Tosari Pasar Tosari - Pasuruan Tel. (0343) 571060

Malang Raya

Lawang Ruko Diponegoro Blok B - Lawang Tel. (0341) 422010 Fax. (0341) 422009

bulletin (METRO), dan ke depannya akan ditampilkan pula pada website CU Sawiran. CU Sawiran juga akan melibatkan anggota dalam acara-acara bazaar maupun pameran. Intinya CU Sawiran berusaha memperkenalkan usaha, karya, dan produk para anggota kepada masyarakat luas. Anggota CU Sawiran kelak bukan hanya pemilik pasif CU Sawiran, tetapi aktif terlibat, berkomunikasi satu dengan yang lain, saling mengetahui usaha masing-masing. Jaringan yang terbangun ini diharapkan berdampak pada kemajuan usaha dan peningkatan penghasilan para anggota. ”Dukung kami ya,” begitu kata salah seorang staf manajemen kepada METRO.

Kepanjen Jl. Raya Sumedang 1 Tel. (0341) 393062 Blimbing Jl. L.A. Sucipto 46 Tel. (0341) 474768 Dinoyo Jl. MT. Haryono 167 Kav.1 - Dinoyo Tel. (0341) 577639 Fax. (0341) 558764 Sawojajar Ruko Sawojajar Jl. Danau Toba A2 Tel. (0341) 711375 Fax. (0341) 716317

Dari RAT XV CU Sawiran:

Batu Jl. A.Yani - Batu

Deregulasi Calon Anggota Banyak manfaat yang dapat dipetik dari setiap Rapat Anggota Tahunan. Di samping RAT selalu menjadi ajang bertemu dan berkomunikasi antar anggota serta anggota dengan pengurus, RAT juga berfungsi untuk mengajak anggota terlibat aktif memberikan sumbangan pemikiran demi kemajuan CU. Karena itu, seminggu sebelumnya buku berisi laporan pertanggung jawaban tersebut sudah dibagikan kepada anggota untuk dibaca dan dipelajari. Dengan demikian pada saat RAT berlangsung para anggota sudah siap memberikan tanggapan dan sumbangan pemikiran kepada pengurus dan pihak manajemen.

Pola Kebijakan Baru Pada RAT XV kali ini banyak pola kebijakan baru sebagai bentuk upaya pengurus dan pihak manajemen meningkatkan

Probolinggo

Sukapura Jl. Raya Ngadisari - Sukapura Tel. (0335) 541178

pelayanan kepada anggota dan calon anggota. Salah satu pola kebijakan itu adalah deregulasi calon anggota. Untuk menjadi anggota cukup menjadi calon anggota selama 2 bulan saja, tidak 4 bulan seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, kualitas anggota tetap menjadi perhatian. Di samping itu pengurus berusaha meningkatkan modal sendiri. Peningkatan modal sendiri itu dilakukan dengan cara menyisihkan 50% deviden dan menambahkan simpanan kapitalisasi pada saham. Simpanan sukarela yang selama ini ada akan dipindahkan ke Simpanan Kapitalisasi yang merupakan simpanan saham, yang artinya tidak dapat diambil selama menjadi anggota, namun akan menambah SHU. Atau, anggota boleh memindahkan Simpanan Suka Relanya ke produk SIHARTA (Sibuhar Anggota) yang akan mendapatkan bunga harian dan dapat digunakan sebagai jaminan apabila mengajukan fasilitas pinjaman. Anggota diberi kebebasan menentukan pilihannya. Dan, yang tak kalah penting pengurus dan tim manajemen berkomitmen untuk meningkatkan kualitas asset dengan pencegahan kredit bermasalah dan monitoring kredit.

maret2009

Blitar

Wlingi Jl. Urip Sumoharjo 119 Beru - Wlingi Tel. (0342) 695617

website

www.cusawiran.org

email

cusawiran@cusawiran.org

hotline

(0341) 477777




Membangun Usaha di Rumah:

SAULI Poultry Shop & Pertanian Ransum, obat-obatan, alat pertanian & peternakan Jl. Raya Kesamben no 5 Blitar Telp. 0342-331116 Muklis PS Rental, Service, Tukar Tambah & Jual Beli PS Jl. A. Yani Kesamben Blitar Telp. 0812 331 4387 Garansi Service, Bonus Games, Tas Media Service Handphone & Sparepart Jl. A. Yani Timur SMEA Pemuda Telp. 085649543999, 0812 331 03671 Widia Jaya Sedia Buah Lokal & Import Pasar Wlingi Kios no 4 dari Timur Telp. 081 334 764109 Sapulidi Wedding Card Berbagai macam dan model undangan pernikahan Jl. A Yani Kesamben Blitar Telp. 081 233 55064 Toko Bu Suwarti Sedia Cengkeh, Kopi, Coklat Terminal Pasar Wlingi Los 37 Telp. 0812 598 4698 Sriwijaya Plastik Menyediakan Perabot rumah tangga dll Jl. Wirabumi 20 Wlingi Telp. 0342-691209 Sriwijaya Textil Menerima Pesanan Seragam SD, SMP & SMA Jl. Bromo 6 Wlingi Telp. 0342-691041 Mr Stiker Melayani pesanan stiker partai & eceran Jl. Merapi Darungan Babadan - Wlingi Telp. 081 334 153 954 Iquades Depot air minum isi ulang Jl. Merapi Darungan Babadan - Wlingi Telp. 0342-774 6675

Kenapa Tidak?

Banyak orang (mungkin juga Anda termasuk di dalamnya) ingin mempunyai usaha, tapi bingung mau dilaksanakan dari dan di mana.  Waktu yang fleksibel, kegiatan usaha dapat dilaksanakan & disesuaikan dengan kegiatan lain.  Menjadi bos untuk diri sendiri , mengatur usaha sesuai dengan impian dan harapan Anda.  Bebas PHK, karena anda pemilik usahanya.

Oke saya sudah memutuskan usaha di rumah sendiri. Lalu modalnya dari mana?

Kenapa Anda tidak memulai usaha dari dan di rumah sendiri? Banyak keuntungan yang Anda peroleh dari usaha yang Anda mulai dan lakukan di rumah:  Penghematan modal, karena usaha dilakukan di rumah sehingga tidak perlu biaya untuk menyewa tempat.  Memudahkan pengawasan, Anda dapat memonitor usaha anda sewaktu-waktu karena usaha berada di rumah.  Relatif lebih mudah dikontrol, Anda dapat memantau apa saja yang terjadi karena dapat lebih mudah dijangkau.

 Dana yang dimiliki sendiri:  Tabungan, apabila anda memiliki tabungan yang bisa digunakan untuk usaha.  Penjualan barang berharga, misalnya emas, perhiasan, dan lain-lain.  Keluarga, apabila secara kekeluargaan, pinjaman mungkin bisa lebih fleksibel.  Penarikan dana lewat kartu kredit, ini sebaiknya dilakukan sebagai cadangan saja. Penarikan cash advance lewat kartu kredit memang mudah dan cepat, tapi ada bunga tinggi dan fee-nya akan menguras kantong.  Lembaga keuangan, seperti CU Sawiran, yang pasti mendukung Anda apabila pinjaman anda digunakan untuk usaha yang produktif.

Tersedia pilihan rasa:

strawberry vanilla chocholate

Turun berat badan 5-30 kg. Bebas makan kesukaan. Alami tanpa efek samping. Stamina lebih prima dan bugar, berat badan turun dan tidak naik lagi. Konsultasi & pemantauan hingga berhasil.

ro Coba P Rp

duk

.0e0cek0an,1e4 e: Peng ak Fr

m

kadar le

Perum. Bumi Mondoroko Raya Blok AI-17 Singosari, Malang

Saya buktinya!! Kapan giliran Anda?? Devi Amalia : Turun 10 kg, 2 bln 2 minggu



metrosawiran

Call Center Malang

Utara & Timur: (0341) 732.5485, 081.6470.1205 Selatan & Barat: (0341) 774.9785, 081.252.368.33

GARANSI 30 HARI UANG KEMBALI


metrosolusi

Konsultasikan masalah keuangan Anda, atau cari tahu tentang CU Sawiran dengan mengirim surat pada:

- kantor: TP terdekat - fax. 0341 716317

- telepon: 0341 716316, - e mail: metro@cusawiran.org

keuangan

Apa Saja Jenis SIBUHAR?

Halo juga Mbak Santi. CU Sawiran memilik 3 jenis simpanan bunga harian (SIBUHAR), yaitu SiCalang, SiHarum, dan SiHarta. Perbedaan dari masing-masing Sibuhar adalah sebagai berikut: a. SiCalang adalah Sibuhar Calon Anggota yang dikhususkan untuk mereka ingin bergabung menjadi anggota namun masih harus menjalani proses calon Anggota. Apabila sudah menjadi anggota CU, SiCalang akan ditutup, dan dananya akan dipindahkan ke Buku Anggota CU Sawiran. b. SiHarum adalah Sibuhar Umum (Sebelumnya disebut Sibuhar A). Sibuhar ini dapat disetor tarik sewaktu-waktu

Asset

Rp. 47.216.244.248

Equity

Rp. 13.574.794.272

Liability

Rp. 46.302.029.431

Volume Kredit

Rp. 34.191.268.276

Kredit Berisiko

Rp. 1.175.120.928

Halo Metro Sawiran. Saya dengar ada beberapa jenis Sibuhar di CU Sawiran ya? Supaya tidak bingung memilih, jelaskan dong, ada berapa macam Sibuhar dan apa kelebihannya. (Santi – Wlingi)

Dana Risiko Kredit

Rp. 1.405.718.210

Dana Cad. Umum

Rp. 1.826.212.609

CAR

28,75% min 20%

dan tidak ada biaya administrasi bulanan. Pilihlah tabungan ini apabila memerlukannya untuk transaksi dan kebutuhan sehari-hari. SiHarum tidak dapat digunakan sebagai jaminan pinjaman.SiHarum ini dapat dimiliki oleh siapa saja, baik anggota maupun bukan. c. SiHarta adalah Sibuhar Anggota. Ini merupakan jenis sibuhar paling baru di CU Sawiran. Sibuhar ini mempunyai kelebihan dapat digunakan sebagai jaminan pinjaman, dan menambah plafon pengajuan pinjaman, serta dapat ditarik sewaktu-waktu. SiHarta hanya bisa dimiliki oleh mereka yang sudah menjadi anggota CU.

LDR

109,40% min 75%

ratio

Khusus keputusan No. 4 anggota perlu membaca penjelasan sebagai berikut: 1. SIBUHAR B yang selama ini digolongkan jenis SAHAM akan berubah menjadi 2 kemungkinan, pertama dipindahkan ke SIMPANAN KAPITALISASI atau yang kedua menjadi SIMPANAN SIHARTA (Sibuhar Anggota). Pilihan diserahkan kepada anggota. 2. Jika anggota memutuskan untuk memindahkan Sibuhar B menjadi Simpanan Kapitalisasi maka: a. Jumlah SHU anda kemungkinan bisa dipertahankan bahkan bisa ditingkatkan karena Simpanan kapitalisasi termasuk Jenis Modal Saham. Jumlah Simpanan Kapitalisasi sangat berpengaruh terhadap nilai saham anda. Dan nilai saham sangat berpengaruh terhadap perolehan SHU b. Konsekuensinya: jika Sibuhar B anda masukkan

NPL

3,44% max 5%

Pertumbuhan Kredit

-0,09% min 10%

Pertumbuhan Anggota

0,65% min 10%

Pertumbuhan Asset

-0,04% min 10%

statistik Jumlah Anggota

3.544

Perempuan

1.590

Laki-laki

1.954

Calon Anggota Penyertaan Modal TOTAL YANG DILAYANI

Keputusan Penting RAT XV

Dalam RAT XV Tahun Buku 2008 telah diambil beberapa keputusan penting. Bagi anggota yang tidak dapat hadir inilah beberapa keputusan yang perlu Anda ketahui: 1. Proses menjadi anggota 2 bulan 2. Ada 2 pilihan setoran SHU ke simpanan saham: 50% atau 100% 3. sebagian bunga pinjaman yang disetor masuk ke Simpanan Kesejahteraan. Persentase setoran bunga bersifat floating (bisa berubah) 4. Pemindahan Sibuhar B menjadi Simpanan Kapitalisasi (saham) atau SIHARTA/ Sibuhar anggota (non saham)

angka sawiran

angota

ke Simpanan Kapitalisasi maka simpanan Anda tidak bisa ditarik selama anda menjadi anggota. Menarik Simpanan Kapitalisasi berarti menarik saham anda di CU Sawiran dan itu berarti Anda keluar dari keanggotaan CU Sawiran 3. Jika Anda memutuskan untuk memindahkan Sibuhar B menjadi SIHARTA (Sibuhar Anggota) maka: a. Kelebihannya: jika simpanan ini tidak dijadikan jaminan pinjaman maka bisa diambil setiap saat. Atau bila SIHARTA anda selisih lebih besar dari pada pinjaman anda maka selisihnya bisa ditarik setiap saat. b. Konsekwensinya: Jumlah SHU anda akan berkurang karena SIHARTA tidak tergolong Jenis Saham melainkan Sibuhar biasa. Sebagai gantinya anda akan mendapatkan bunga bulanan seperti Sibuhar A selama ini. Bunga akan diberikan setiap bulan dan nampak dalam buku sibuhar anda. Besar bunga sesuai dengan ketentuan yang berlaku di CU Sawiran dan pasar uang yang berlaku saat itu. Jika anda saat ini mempunyai tabungan jenis Sibuhar A maka Perlakuan terhadap SIHARTA sama dengan SIBUHAR A anda. 4. Batas konfirmasi atas Sibuhar B ini sampai dengan tanggal 30 April 2009. Jika pada tanggal tersebut anggota yang bersangkutan tidak ada konfirmasi maka Sibuhar B secara otomatis akan dimasukkan ke Siharta dengan konsekuensi akan mempengaruhi perolehan SHU tahun 2009.

maret2009

aset

vol. kredit



4.662 4.428 12.634


metroinspirasi Kunci Pengelolaan Keuangan adalah

Penganggaran

Berinvestasi? Hal tersebut memang baik, karena dengan berinvestasi berarti Anda memiliki potensi keuangan yang baik untuk hari depan Anda. Namun, tetap saja menjadi tanda tanya besar saat orang merasa tidak memiliki uang lagi untuk disisihkan dan ditabung. Setiap bulan seluruh pendapatan Anda habis hanya untuk berbelanja. Bagaimana caranya agar dapat menyisakan sebagaian uang untuk berinvestasi? Menurut Tung Desem Waringin ada 3 tahap untuk mencapai kemerdekaan finansial yaitu: 1. Berbelanja lebih sedikit daripada pendapatan (gaji). 2. Menginvestasikan selisihnya. 3. Menginvestasikan kembali pokok dan bunga investasi untuk pertumbuhan bunga majemuk.

2. Memberdayakan Dana. Dalam langkah ini Anda diajarkan untuk mengoptimalkan penggunaan uang Anda, sehingga pendapatan Anda akan menjadi lebih besar daripada pengeluaran. Disini Anda akan mendapatkan sisa uang yang dapat diinvestasikan untuk tahap berikutnya. 3. Melipatgandakan Kekayaan. Disini saya menuliskan berbagai macam produk investasi dengan konsep compound interest (bunga majemuk). Setelah Anda menginvestasikan sebagian uang Anda, kemudian Anda menginvestasikan ulang pokok dan bunga investasi Anda sebelumnya. Sehingga bunga yang Anda dapatkan dari investasi dapat turut berbunga. Dengan menggunakan Jadi, yang paling utama untuk mencapai konsep ini, maka Anda dapat melipatgandakan nilai investasi BELANJA kemerdekaan finansial adalah kemampuan mengatur Anda. Makanan/Keb. harian Rp. 1.350.000,keuangan agar pengeluaran jauh lebih kecil Agar Anda mampu memberdayakan dana secara optimal Pakaian Rp. 100.000,dibandingkan penghasilan. Dengan cara demikian dan maksimal Anda harus mampu merancang penganggaran Pendidikan Rp. 400.000,Kesehatan Rp. 100.000,Anda akan memiliki uang sisa untuk disisihkan, keuangan (budgeting) secara baik. Rekreasi Rp. 100.000,ditabung atau diinvestasikan. Hal tersebut menuntut Setelah anggaran Anda susun, disiplinlah pada anggaran Transportasi Rp. 200.000,disiplin diri untuk berani jujur pada diri sendiri bahwa yang telah Anda susun itu. Belanjalah sesuai dengan potensi Asuransi Rp. 150.000,Tabungan Rp. 300.000,belanja kebutuhan sekunder atau tersier belum Anda dana yang Anda anggarkan. Jika pos untuk pakaian hanya Pembayaran Kredit Rp. 200.000,perlukan misalnya. Ingat: buatlah prioritas dalam Rp. 100.000,- maka jangan belanja lebih dari anggaran itu. Lain-lain Rp. 100.000.penganggaran belanja bulanan Anda. Jika ternyata harga pakaian itu amat mahal, maka bersabarlah TOTAL BELANJA Rp. 3.000.000,Pada www.KeuanganPribadi.com dituliskan 3 menabung dulu selama dua bulan, baru membeli pakaian langkah besar untuk menjadi kaya yaitu: yang Anda inginkan. Dengan cara demikian Anda tidak boleh 1. Memotivasi diri Anda. Buanglah pikiran-pikiran negatif yang menghalangi mengeluh: Tak ada sisa dari gajiku. Ada atau tidak adanya sisa gaji hanya bergantung Anda dari jalan menuju kekayaan. Ingat, Anda tidak dilahirkan untuk menjadi kepada sudahkah Anda menyusun anggaran dan selalu mematuhinya. miskin.

Tukul Arwana

Komitmen untuk Berubah Ada harga yang harus dibayar untuk tumbuh. Bayarannya adalah komitmen. Ed Cole



metrosawiran

Tukul merasa bahwa dirinya bukanlah berasal dari keluarga kaya. Namun, hal tersebut bukanlah penghalang untuk mau. Semangat belajar Tukul sangat tinggi. Hal ini bisa dilihat tatkala Tukul bekerja sebagai sopir pribadi Alex Sukamto. Menurut Alex bahwa setiap gajian, Tukul selalu menyisakan uang untuk beli buku. Sungguh, tidak disangka bahwaseorang sopir seperti Tukul ternyata mempunyai hobi membaca buku. Lebih mengherankan lagi, buku-buku yang dibacanya adalah tentang psikologi, politik dan lain-lain. Tukul mengakui bahwa dirinya memang tidak pintar. Namun, ia memiliki komitmen untuk berubah. Komitmen itulah harta tak ternilai miliknya. Ia biasa-biasa saja, tetapi ia senang membaca bacaan apa saja. Ia juga senang mengobrol bertukar pikiran. Dari kegiatan membaca atau mengobrol inilah ia bisa mendapatkan ilmu dan kemudian dijadikannya

bekal untuk masa depan. Di tengah kesibukannya yang cukup padat, ia selalu berusaha menyempatkan diri untuk membaca. Ia sadar bahwa bacaan akan membuatnya tidak terbelakang. Ilmu yang semakin bertambah diyakini akan semakin menambah kemampuan dirinya sehingga ia mampu menjadi seorang.


4langkah

kilasmanca

jadianggota

kepada Petani Kecil India World Council of Credit Union (WOCCU) menerima10 anggota delegasi dari koperasi bank-bank India sebagai bagian dari kunjungan bersama Credit Union di Amerika Utara dan asosiasi serikat pekerja. Delegasi itu merupakan semua anggota dari National Federation of State Cooperative Banks (NAFSCOB), adalah bagian dari program restrukturisasi dan rencana pemerintah memberikan pinjaman lunak terhadap koperasi pedesaan. WOCCU menawarkan untuk memberikan bantuan teknis kepada bank koperasi yang didukung pemerintah dalam mengupayakan reformasi ekonomi. WOCCU telah menyelesaikan kunjungan selama dua minggu, yang meliputi kunjungan ke National Federation of Community Development Credit Unions and Lower Eastside People’s Federal Credit Union di New York, Credit Union Central of Canada and Credit Union Central of Ontario di Toronto, Community One Federal Credit Union di Las Vegas, dan WesCorp and Water & Power Credit Union di Los Angeles. Menurut Bhima

Babubhai_ Parmar, cotton farmer, India©Fairtrade Foundation Simon Rawles

Pinjaman Lunak

Langkah Pertama

Datang ke TP terdekat, mengisi formulir dan melampirkan fotokopi KTP, setoran awal minimal Rp. 35.000,00

Langkah Kedua

Menjalani proses calon anggota selama 2 bulan dengan menabung rutin minimal Rp. 25.000/bulan.

Langkah Ketiga

Penuhi saham minimal satu juta (Rp. 1.000.000,00) selama proses calon anggota.

Langkah Keempat

Setelah semua persyaratan terpenuhi, atas persetujuan Anda, proses keanggotaan akan dilakukan oleh staff CU Sawiran.

Subrahmanyam, direktur NAFSCOB, isu-isu yang menarik yang muncul adalah peraturan kredit di CU, perpajakan, teknologi dan sumber daya manusia dan manajemen masalah. “Kami sangat ingin mengetahui peraturan mekanisme pinjaman dan dampaknya pada Credit Union,” ujar Subrahmanyam. “Persaingan dan kemampuan modal juga amat menarik. Koperasi-koperasi India belum memenuhi persyaratan modal karena miskin sumber daya.” Pemerintah India, dengan dukungan finansial dari Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia, sedang dalam proses pertumbuhan dari US $ 3,4 miliar dan upaya reformasi dan rekapitalisasi dari sektor keuangan koperasi. Mereka berencana untuk memaafkan US $ 15 miliar memberikan pinjaman lunak kepada petani kecil India, yang diperkirakan mencapai US $ 8,5 miliar .

kelebihan jadianggota deviden

Deviden diberikan sebagai balas jasa simpanan saham, deviden merupakan bentuk kepemilikan CU Sawiran.

tabungan

Berbagai macam tabungan didesain untuk kebutuhan keuangan dan investasi anggota. SIBUHAR CALON ANGGOTA SIBUHAR ANGGOTA SIBUHAR UMUM CEMERLANG SIMASTER SIPINTAR

Membiasakan Anak

Mengelola Uang Saku Setiap anak berangkat ke sekolah orang tua selalu memberikan uang saku kepada anak-anaknya. Modelnya bisa bermacam-macam: bisa harian, mingguan, atau bulanan. Sikap anak-anak pun dapat bermacam-macam: uang saku itu habis dalam sehari atau ditabung karena anak itu memang tidak boros. Namun, sesungguhnya hidup hemat atau boros bukanlah sebuah bakat. Itu hanyalah faktor kebiasaan. Artinya, untuk hidup hemat Anak dapat dilatih.

Melatih Anak Untuk Tidak Hidup Boros?

1.

Dilatih untuk membuat prioritas. Apa prioritas pemakaian uang saku oleh anak? Tentu untuk kepentingan biaya transportasi atau makan jika di sekolah ada kegiatan olah raga atau jarak rumah dengan sekolah berjauhan. Belanja VCD, internet, atau jalan-jalan hendaknya menjadi kebutuhan kedua atau ketiga, bukan yang utama. Orang tua pun harus

pinjaman

Pinjaman hanya diberikan pada Anggota, untuk memenuhi kebutuhan dari anggota. UMUM MUSIMAN KENDARAAN BERMOTOR PEMILIKAN RUMAH/TANAH KAPITALISASI PRODUKTIF DARURAT KOMPUTER MULTIGUNA

memberikan uang saku sebatas keperluan anak, jangan berlebihan. Berikan pengertian perbedaan kebutuhan dan keinginan. Hal-hal yang sungguhsungguh dibutuhkan harus menjadi prioritas, tetapi hal-hal yang hanya merupakan keinginan, hendaknya diletakkan pada urutan kedua atau ketiga. Misalnya: membeli T-shirt baru itu merupakan kebutuhan atau keinginan? Jelaskan kepada anak-anak bahwa uang saku tidak harus dihabiskan. Jika ternyata uang saku itu sisa, uang tersebut dapat ditabung. Biasakan anak memiliki buku tabungan sendiri. Tumbuhkan kepada mereka kebanggaan memiliki buku tabungan.

2.

asuransi

Simpanan dan pinjaman anggota diasuransikan tanpa harus membayar premi.

3.

maret2009

dana sosial

Setiap Angota dan keluarga intinya berhak atas: DANA SOSIAL SUKA DANA SOSIAL DUKA DANA SOSIAL PENDIDIKAN DANA SOSIAL RAWAT INAP




potret Lilik Handayani (UD DnD Consumer Good)

Membangun Kepercayaan Masyarakat

Lilik Handayani (29 tahun) yang tinggal di Jalan Karimata E2/23 Malang ini tergolong pribadi yang pantang menyerah. Ibu yang mempunyai seorang putri bernama Denira dan sedang menunggu kehadiran putra keduanya ini menjalankan usaha bersama sama dengan suaminya, Bapak Denny. “Modal kami memulai usaha dulu hanya 500 ribu,” kenang Ibu Lilik. Ia merintis usahanya sejak tahun 2002. Pulang pergi naik sepeda motor melebarkan sayap pernah dijalani sendiri oleh ibu Lilik dan suaminya tanpa kenal lelah. Setelah berjalan dua tahun, usaha ini pernah bangkrut, assetnya hampir nol. Tapi Ibu lilik tidak menyerah, menganggapnya hal tersebut sebagai suatu “teguran” dari yang Maha Kuasa. “Jadi saya terus bangkit kembali dan menata kembali dari awal.” Apa jadinya bila Ibu Lilik ketika itu putus asa, merasa tidak mempunyai harapan lagi? Tentu, ia akan gagal untuk selamanya. Yang penting ia tidak malu untuk memulainya lagi, walaupun harus kembali dari nol. Bahkan, kegagalan kemarin dipakai untuk melakukan refleksi diri. Ia pun mencoba melihat mengapa kebangkrutan itu terjadi. Belajar dari

kegagalannya, ia berusaha untuk menjadi lebih baik. Semangat pantang menyerah dalam mengembangkan usahanya terus menerus menyala dalam dirinya. Selain semangat pantang menyerah, Ibu Lilik memiliki kiat lain untuk mengembangkan usahanya yaitu perlunya membangun kepercayaan masyarakat terhadap mutu pelayanannya. “Kepercayaan adalah hal yang sangat penting dalam usaha ini,” tuturnya. Dengan kiat seperti itu perusahaannya yang berlabel “UD DnD Consumer Good” berkembang sangat pesat. Sekarang ini perusahaan yang bergerak di bidang distributor permen dan snack ini sudah memiliki 37 orang sales yang melayani seluruh wilayah kotamadia dan kabupaten Malang.

AMAN BERSAMA CU SAWIRAN Oleh karena kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap UD yang dikelolanya, usahanya sekarang sudah berkembang dengan cashflow Rp 300-400 juta sebulan. Merasa yakin atas usahanya ini, Ibu Lilik yang semula bekerja, kemudian memutuskan diri untuk berkonsentrasi penuh pada usahanya, begitu juga

dengan sang suami. “Hanya saya kerepotan menyimpan uang. Masak disimpan di rumah? Tentu amat berisiko,” tuturnya. Maka, ia memilih CU Sawiran sebagai “bank” pribadinya. Sebagai pribadi yang menjunjung tinggi pentingnya kepercayaan, tampaknya Ibu Lilik merasa yakin bahwa CU Sawiran sungguh dapat dipercaya. Sebagai anggota CU Sawiran Ibu Lilik memang belum pernah mengajukan fasilitas pinjaman kepada CU. Sebab, menjadi anggota baginya bukan semata-mata untuk meminjam uang. Yang terpenting baginya asset yang dimilikinya menjadi aman karena disimpan di lembaga yang dapat dipercaya. “Di lembaga keuangan lain risikonya tinggi. Dan, yang membuat saya senang ikut CU Sawiran karena tiap hari ada karyawan CU yang datang ke sini. Saya tak perlu repot-repot ke kantor CU. Pokoknya aman dan mudah.” Dalam waktu dekat Ibu Lilik akan membuka cabang di Jl. Raya Pakis, depan Balai Desa Pakisjajar “Makmur Jaya Grosir”.

Pastikan bisnis Anda menjadi bagian dari kesuksesan bersama dengan beriklan di metrosawiran

iklan baris

gratis

*

12.000 pembaca

iklan warna 210 mm x 280 mm 75 mm x 140 mm 75 mm x 68 mm

harga Rp 1.250.000,00 Rp 600.000,00 Rp 300.000,00

- Harga berlaku untuk sekali pemasangan. - Pemasangan 3x berturut-turut gratis 1x - Iklan diterima dalam bentuk JPG, res.300dpi

segmentasi

6kabupaten dan kota

jelas

iklan baris anggota non anggota

- maksimal iklan 5 baris. - 1 baris maksimal 30 karakter termasuk spasi. * untuk iklan gratis disesuakan dengan kolom dan bergantian dengan anggota yang lain.

Call: phone: 0341 716316 | Fax.: 0341 716317 | e mail: metro@cusawiran.org



metrosawiran

harga/baris gratis Rp 5.000,00

Metro Sawiran Maret 2009  

Buletin Sawiran Credit Union

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you