Page 1

AL-AMJAD MAGAZINE

FIFTH ISSUE


Š 2018 Al-Amjad. All Rights Reserved. Published by Yayasan Haji Hasballah Yunus Perguruan Islam Al-Amjad Jl. Merpati No. 81. Kel. Sei Sikambing-B Kec. Medan Sunggal Kota Medan 20122 perguruanalamjada@gmail.com No part of this publication may be reproduced, distributed or transmitted in any form or by any means, without the prior permission of the editor, except in the case of brief quotations embodied in critical reviews and certain other non-commercial uses permitted by copyright law. Publication Design by Achmad A Trisatya Photograph by Achmad A trisatya Bima Surya Atmaja Shahnaz Yusuf


Mari bergabung bersama ribuan siswa terbaik guna meraih cita-cita dan impian Pendaftaran Siswa Baru dan Pindahan T.A 2018/2019 dibuka mulai 1 Februari - 30 Juni, Daftar Segera!


PGTK Al-Amjad Ikuti PORSENI se-Kecamatan Medan Sunggal PGTK Islam Al-Amjad ikut serta dalam Pekan Olahraga dan Kesenian (Porseni) se-Kecamatan Medan Sunggal yang diadakan pada Sabtu (10/3). Sekitar 50 siswa-siswi dikirimkan sebagai perwakilan PGTK Al-Amjad untuk mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan. Kepala PGTK Islam Al-Amjad Mashan Zakiyah menjelaskan acara Porseni tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Sunggal. “Tahun ini, sekitar 50 siswa-siswi kita ikut serta dalam empat jenis perlombaan dari enam perlombaan yang ada. Yang kita ikuti itu ada lomba bercerita, lomba kolase, lomba mewarnai dan lomba senam Anak Indonesia. Untuk lomba senam, diikuti juga oleh para guru,” ujarnya. Acara Porseni tahun ini mengambil tempat di TK Nirmala dan diikuti oleh 23 PGTK se-Kecamatan Medan Sunggal. Terlepas dari banyaknya peserta, siswa-siswi PGTK Al-Amjad mampu meraih penghargaan, yakni juara II lomba kolase. Selain itu, tiga orang siswa-siswi juga mendapat predikat berbakat dalam-

lomba mewarnai dan lomba kolase. Ketua Pengurus Yayasan Haji Hasballah Yunus (YHHY) Fadhullah menjelaskan bahwa keikutsertaan siswa-siswi dalam kegiatan Porseni akan berdampak positif pada semangat berkompetisi siswa secara sehat, sekaligus menggali minat dan potensi siswa dalam bidang hal olahraga dan seni. “Terlepas dari apa pun hasilnya, proses yang dilalui siswa tentunya akan menjadi pengalaman baru bagi siswa-siswi PGTK. Mulai dari persiapan Porseni selama hampir satu bulan, hingga proses mengikuti kegiatan di hari pelaksanaan yang membuat mereka berinteraksi dan berkompetisi dengan teman dari lingkungan baru,” pungkasnya.


Sedekah Bareng dan Kak Bimo Sambangi Al-Amjad


Perguruan Islam Al-Amjad menjadi salah satu sekolah yang beruntung kedatangan tim dari Sedekah Bareng dan seorang pakar dongeng berkarakter bernama Kak Bimo dalam rangkaian acara Sedekah Bareng Goes To School Bareng Kak Bimo. Kegiatan yang mengambil tempat di pelataran Perguruan Islam Al-Amjad Medan pada Senin (12/3) ini bertujuan untuk mengajak para siswa untuk bersedekah dan menyantuni orang-orang yang kurang beruntung. Selain itu, tentu saja tak ketinggalan dongeng yang luar biasa menyita perhatian dari Kak Bimo serta sesi kuis dan permainan yang disambut antusias oleh para siswa. Ketua Pengurus Yayasan Haji Hasballah Yunus (YHHY) Fadhullah menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat diapresiasi oleh pihak sekolah serta para siswa. Baik acara mendongeng yang disampaikan oleh Kak Bimo, tetapi juga ajakan bagi para siswa untuk menyisihkan sebagian rezeki bagi orang-orang yang kurang beruntung. “Dongeng yang disampaikan Kak Bimo benar-benar menarik. Siswa TK hingga SMP semuanya terpaku dengan penampilan Kak Bimo yang dengan piawai menirukan berbagai suara. Selain itu, di akhir acara para siswa juga diajak untuk bersedekah. Tentunya ini edukasi yang baik bagi siswa-siswi Al-Amjad agar lebih peduli terhadap orang lain,� katanya. Selain kegiatan di sekolah, perwakilan guru juga sebelumnya telah mengikuti kegiatan seru bersama Kak Bimo. Mengambil tempat di Medan Club, Kak Bimo berbagi ilmu dengan para guru mengenai teknik mendongeng yang baik. Di antaranya, mengenai cara penyampaian dan pemilihan materi, serta tak ketinggalan pula mengajarkan bermacam suara unik untuk mendongeng.


A Holistic Education. Mind, Body, and Spirit.

Al-Amjad cares every aspect of your kid’s. Enroll now. Call us at (061) 4208 5547 / 8044 2188.


Al Quran Wafa Camp


Pramuka Al-Amjad mengadakan Wafa Camp, dalam rangka melakukan pelantikan kacu bagi anggota Penggalang. Tak hanya itu, para peserta kemah juga diminta untuk menambah hafalan Al-Quran di sela-sela kegiatan. Ketua Pengurus Yayasan Haji Hasballah Yunus (YHHY) Fadhullah menjelaskan bahwa selain kegiatan berkemah ini awalnya diselenggarakan dalam rangka pelantikan kacu pagi penggalang, yakni siswa SMP kelas 7 serta siswa pindahan kelas 8. Namun sebagai sekolah Islam, tentunya kegiatan akan lebih bermanfaat jika diiringi dengan peningkatan ilmu keagamaan. “Jadi mereka diminta untuk menghafal Surah Al-Kahfi ayat 1-10, selama tiga hari mereka berkemah di Tibrena Refresh Center, Sibolangit, dari tanggal 9 hingga 11 Maret,� ujarnya. Sebanyak 155 siswa-siswi SMP Islam Al-Amjad mengikuti pelantikan kacu. Mereka dibagi atas 17 regu yang berkompetisi dalam berbagai kegiatan yakni lomba regu terbaik, lomba yel-yel, lomba masak, lomba tahfidz, lomba penjelajahan, serta lomba games regu. Selain 155 Penggalang yang akan mengikuti pelantikan kacu, acara juga diikuti oleh 20 orang Penggalang Rakit dari kelas 8 yang bertugas sebagai pengawas dan pengarah.

Seluruh peserta antusias mengikuti kegiatan, khususnya pada kegiatan games dan penjelajahan. Games yang paling mendapat respons positif ialah halang rintang, di mana seluruh peserta kemah harus tiarap dan merangkak di bawah kawat pada medan yang berlumpur. Beberapa regu malah meminta untuk mengulang games tersebut. Adapun untuk kegiatan penjelajahan, terdapat lima pos yakni pos keagamaan, kepramukaan, pioneering atau tali-temali, yel-yel serta pos pengetahuan umum. Para penggalang kembali menunjukkan antusiasme ketika medan yang mereka lewati mengharuskan mereka masuk ke sungai dan menyusuri sungai. Selain kegiatan kepramukaan, kegiatan bernuansa keagamaan juga tak lupa diselipkan. Misalnya saja halaqah tahfidz, zikir ma’tsurat, tahajud, serta setoran hafalan Al-Quran.


Al-Amjad Magazine (5th Edition)  

Covering news and information about Al-Amjad Islamic School

Al-Amjad Magazine (5th Edition)  

Covering news and information about Al-Amjad Islamic School

Advertisement