Issuu on Google+

WASPADA Demi Kebenaran Dan Keadilan

Harian Umum Nasional Terbit Sejak 11 Januari 1947. Pendiri: H. Mohd. Said (1905 - 1995), Hj. Ani Idrus (1918 - 1999)

MINGGU, Legi, 22 April 2012/30 Jumadil Awal 1433 H z No: 23842

Terbit 20 Halaman (A1-8, B1-12) z zHarga Eceran: Rp 2.500,-

Tahun Ke-66

Corat Coret Hingga Pelanggaran Berlalu Lintas

Jilbab Praktis Dan Gaya

Aneka Sup Ala Mak Ati

Toleransi Sejak Dini

A6

B1

B5

B8

4 Gempa Kembali Getarkan Aceh

Sapi Diracun, Kemudian Dicuri

BANDA ACEH (Waspada): Empat gempa bumi berkekuatan di atas 5 skala Richter (SR) kembali menggetarkan Aceh, Sabtu (21/4). Gempa bumi yang berpusat di kawasan laut Kabupaten Simeulu tersebut tidak berpotensi tsunami. Gempa yang terjadi mulai dini hari itu, dirasakan warga pantai barat-selatan juga di Banda Aceh dan Aceh Besar. “Kami rasa getaran gempa tadi pagi,” aku Helfan Sari, seorang warga Gampong Lam Ara, Banda Raya, Banda Aceh. Sementara warga kepulauan Simeulu, juga merasakan getaran gempa bumi yang tidak berpotensi tsunami itu. “Ada gempa terasa, tapi Simeulu aman-aman saja,” kata Ahmadi warga Simeulu. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa yang terjadi pukul 06.14 Wib berkekuatan 6,5 SR pada lokasi 2.11 LU dan 93.06 BT atau 342 kilometer barat daya Simeulu pada kedalaman 64 kilometer di laut. Sebelumnya pada hari yang sama gempa dengan magnitude 5.9 SR terjadi pukul 05.28 Wib, lokasi 3.22 LU dan 93.32 BT atau 313 kilometer barat daya Kabupaten Aceh Jaya, pada kedalaman 22 kilometer di laut.

3 Orang Ditangkap

SIGLI (Waspada): Misteri kematian ternak sapi secara mendadak di Kabupaten Pidie mulai terungkap. Tiga tersangka pencuri hewan-hewan tersebut tertangkap di Desa Empeh, Kecamatan Simpang Tiga, Jumat (20/4) sekira pukul 23:00 Wib. Tiga tersangka yang berhasil ditangkap warga, masing –masing berinisial JS, 31, HRS, 28, dan D Bin M, 18. Ketiganya tercatat sebagai warga Benteng, Kota Sigli. Bahkan satu diantaranya berinisial JS disebutsebut sebagai anggota TNI berpangkat Praka. Kepala Desa Empeh, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie Aiyub, kepada Waspada, Sabtu (21/4) mengungkapkan sejak sebulan terakhir ini warga desanya banyak mengeluh hewan ternak sapi mati mendadak di jalan. Selanjutnya setelah ditinggal sebentar oleh pemiliknya, bangkai hewan ternak itu tiba-tiba menghilang. Padahal pemilik sapi tersebut bermaksud meminta bantuan pada warga lainya untuk membuang bangkai sapinya itu.”

Lanjut ke hal A2 kol 1 KAPOLSEK Simpang Tiga AKP Zainal Abidin bersama masyarakat memperhatikan bangkai seekor sapi diatas becak motor yang merupakan barang bukti pelaku pencurian hewan ternak tersebut, Sabtu (21/4).

Lanjut ke hal A2 kol 1

Waspada/Muhammad Riza

Magang Atasi Pengangguran Menaker Di Medan: Ke Depan Jangan Ada Lagi Sarjana Menganggur MEDAN (Waspada): Ke depan jangan ada lagi sarjana menganggur, kata MenteriTenaga Kerja danTransmigrasi, Muhaimin Iskandar, Sabtu (21/4) di Medan. “Agar tidak ada sarjana menganggur, kita perluas kesempatan magang di dunia usaha dan industri,” tambahnya. Kita beri kesempatan magang bagi generasi muda dan masyarakat sebelum menyelesaikan kuliah, akan mengurangi angka pengangguran. ”Mereka kita bekali pengalaman kerja sebelum benar-benar mendapatkan pekerjaan,” katanya.

Wamen ESDM Meninggal Saat Mendaki Tambora JAKARATA (Waspada): Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo meninggal dunia saat melakukan pendakian Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat, kata Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian ESDM Susyanto saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (21/4). “Baru saja kami dapat kabar duka ini. Kami turut berduka cita sedalamdalamnya. Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya,” katanya. Menurut dia, Widjajono meninggal setelah dievakuasi hingga pos 1 Gunung Tambora. “Beliau sudah berhasil dievakuasi dari pos 2 ke pos 1. Tim medis sudah melakukan pertolongan, tapi tidak tertolong,” ujarnya. Susyanto menambahkan, medan pendakian yang sedang tidak bagus juga memengaruhi proses evakuasi. Tetapi dia belum mengetahui penyebab pasti

Berbicara usai acara Pencanangan Gerakan Penanggulangan Pengangguran dan Job Fair di Universitas Panca Bu d i Me d a n , Mu h a i m i n mengatakan baru-baru ini pihaknya mencanangkan gerakan pemagangan nasional dengan tujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas calon tenaga kerja, serta lebih meningkatkan pelaksanaan

Lanjut ke hal A2 kol 3

Waspada/Surya Efendi

MENTERI Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar didampingi Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho dan Wali Kota Medan Rahudman Harahap berbicara kepada wartawan tentang kegiatan Gerakan Penanggulangan Pengangguran 2012 di Universitas Panca Budi Medan, Sabtu (21/4).

Lanjut ke hal A2 kol 7

Rumah Terbakar Satu Terpanggang

Polisi Dibacok Saat Gerebek Bandar Narkoba SS Senilai Rp100 Juta Disita MEDAN (Waspada): Anggota serse Polsek Medan Barat dibacok kepalanya oleh tersangka bandar sabu-sabu saat melakukan penggerebekan salah satu rumah di Jalan Sekata Gang Ikhlas, Sabtu (21/4) sekira pukul 14:30. Karena bacokan itu, Brigadir Erdianto, 32, dilarikan ke Rumah Sakit Imelda, Medan. Kapolsek Medan Barat Kompol Nasrun Pasaribu melalui Kanit Reskrim AKP Anthoni Simamora menyebutkan, kondisi korban saat ini stabil, tidak sampai mengalami cidera serius. Mengenai penggerebekan itu, dia mengatakan untuk menangkap tersangka pelaku

penembakan berinisial IZN terhadap korbannya Irham, tetangganya sendiri. Tetapi ternyata saat itu tersangka sedang mengonsumsi narkoba bersama dua temannya. “Nah, ketika anggota kita masuk, seorang di antara tersangka menyambut dengan bacokan parang,” kata Anthoni. Tetapi petugas lainnya bergerak cepat, segera melumpuhkan pelaku EN, 39, termasuk tersangka IZN. Hanya saja seorang lagi berinisial Iq berhasil lolos. Dari penggerebekan tersebut, polisi mengamankan barang bukti 1 ons sabu-sabu senilai Rp100 juta, 30 butir pil ekstasi, sepucuk senjata api,

1 bong, 3 parang dan 1 martil. “Tersangka IZN ditangkap karena saksi-saksi menyebutkan dia pelaku penembakan terhadap Irham, tetangganya. Korban menderita luka tembak di bagian kaki,” sebut Anthoni. Saat penggerebekan itu, kata dia, IZN sempat membuang senjata Air Softgun ke rumah tetangganya, tetapi diketahui petugas. Polisi saat itu juga mengamankan mobil Honda Jazz Bk 7285 YY (plat toko) sebagai barang bukti. “Dengan barang bukti sabusabu 1 ons, para tersangka diduga kuat bandar narkoba di kawasan Jalan Sekata,” katanya. (h04)

Antara

KETUA Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memberikan pidato politiknya saat memberikan Pembekalan Kader Perempuan PDIP se-Indonesia di Jakarta, Sabtu (21/4).

Mega: Perempuan Indonesia Nggak Maju-maju JAKARTA (Waspada): Hingga saat ini kiprah wanita Indonesia di kancah politik dirasa masih sangat kurang. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menilai bahwa kualitas wanita Indonesia tidak mengalami kemajuan.

Lanjut ke hal A2 kol 1

KISARAN (Waspada): Satu rumah hangus terbakar di Jalan SM Raja No 522, Kisaran, tepatnya di depan Gudang Garam, satu orang tewas terpanggang, sedangkan empat orang penghuni lainnya berhasil menyelamatkan diri, Sabtu (21/4) sekitar pukul 04.00 Wib. Informasi dihimpun Waspada, penghuni rumah Dodi Hermawan,35, tewas terpanggang si jago merah dalam kamarnya. Sebelumnya, warga sekitar bergotong royong untuk memadamkan api, kemudian dibantu dengan oleh pemadam kebakaran agar api tidak merambat ke bangunan lain. Sekitar 15 menit akhirnya api dapat dipadamkan,

namun bangunan serta isinya dan dua sepeda motor hangus terbakar. “Kami dikejutkan dengan api yang sudah membesar dan jeritan minta tolong, kami spontan berusaha untuk memadamkannya dengan mengambil air dari sumur warga dan selokan, tapi api terlalu besar, sehingga Hermawan tidak mampu kami selamatkan dan tewas terpanggang. Rencananya hari ini korban akan dikebumikan,” ujar saksi mata Iwan Jeck, ditemui Waspada. Sebelum kejadian, kata Iwan, korban sempat berbincang dengannya, karena istri Herman, Siti,30, bekerja untuk m e n j a g a a n a k Iw a n d a n kembali ke rumah sekitar pukul 01.00 Wib.

“Sedangkan istri korban menginap di rumah saya karena menjaga anak saya, disebakan istri saya lagi tugas malam. Jasad Herman sempat dibawa ke rumah sakit untuk keperluan visum,” ujar Iwan. Di tempat Kabid Lismas, Kesbang Kabupaten Asahan S Manik dikonfirmasi Waspada, membenarkan kebakaran itu. Hingga saat ini pihak berwajib masih melakukan penyelidikan asal api. Sedangkan empat anak kost yang selamat dari musibah itu masih menjalani pemeriksaan di Polres Asahan. “Kita belum tau asal api, namun kerugian selain korban jiwa diperkirakan mencapai ratusan juta,” ujar Manik. (a15)

Hadapi Everton Malam Ini

MU Jangan Takabur

Waspada/Andi Aria Tirtayasa

BANDAR narkoba berinisial IZN (buka baju) diboyong petugas Reskrim Polsek Medan Barat hendak menjalani pemeriksaan.

HERNANDEZ

PERBEDAAN lima poin dengan menyisakan empat pertandingan dengan Manchester City menjadikan The Red Devils Manchester United (MU) sangat berpeluang merengkuh gelar ke-20 Premier League musim 2011-2012. Menjamu Everton di Old Trafford, Minggu (22/4) pukul 18:00 WIB (Live GlobalTV), pasukan Sir Alex Ferguson diunggulkan menambah tiga poin. Tentunya MU tak boleh takabur, sebab sepakbola bukanlah ilmu pasti. Bola tetap

bulat, apapun dapat terjadi sebelum dua Manchester bertemu pekan depan. Skuad Sir Alex menurunkan full team. Ferguson sepertinya akan memilih Phil Jones atau Rafael di sisi kanan dan Javier Hernandez atau Danny Welbeck di depan mendampingi Wayne Rooney. Jones dan Hernandez absen dalam laga melawan Aston Villa pekan lalu, kemungkinan akibat rotasi yang diterapkan oleh sang manajer

Lanjut ke hal A2 kol 7

GUEYE Waspada/Sapriadi

SISA bangunan rumah No 522 di Jalan SM Raja, Kisaran hangus terbakar dan menelan seorang korban jiwa. Foto direkam, Sabtu (21/4).

Berita Utama Besok UN SMP Dan MTs A2

MEDAN (Waspada): Senin besok, 41.837 siswa SMP dan MTs di Medan mengikuti Ujian Nasional (UN). Demikian disampaikan Kadis Pendidikan Kota Medan Rajab Lubis melalui Ketua Panitia Munawar Lubis saat meninjau naskah UN di aula kantor itu, Sabtu (21/4).

MPR Minta Pimpinan Aceh Perhatikan Keterwakilan Perempuan BANDA ACEH (Waspada): Wakil Ketua MPR Ahmad Farhan Hamid meminta pimpinan terpilih dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 April 2012 di Provinsi Aceh dapat memerhatikan keterwakilan perempuan dalam struktur pemerintahan. “Kami berharap pemimpin terpilih, baik tingkat provinsi hingga kabupaten/kota dapat menempatkan kaum perempuan pada jabatan strategis, kalau bisa 30 persen,” katanya di Banda Aceh, Sabtu (21/4). Hal itu disampaikan usai sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara diselenggarakan MPR RI bekerjasama dengan Ikatan Sarjana Wanita Indonesia (ISWI) Provinsi Aceh. Farhan mengatakan, keterlibatan kaum perempuan di sektor publik dan politik masih belum menonjol meskipun di berbagai komunitas lainnya kaum perempuan sudah berada disemua sektor. “Artinya keterwakilan perempuan yang ada dalam jabatan strategis di pemerintahan masih sangat sedikit sehingga perlu mendapat perhatian seluruh pimpinan daerah terpilih,” kata dia menilai dalam beberapa periode mendatang kaum perempuan di tanah air akan lebih maju dan akan mampu mengisi berbagai formasi yang tersedia di berbagai jabatan strategis di pemerintahan dan politik. Pemilihan kepala daerah di Aceh berlangsung serentak di 17 kabupaten/kota bersamaan dengan pemilihan gubernur/wakil gubernur 2012-2017. Karena itu dia berharap seluruh bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota serta gubernur/wakil gubernur terpilih memerhatikan keterwakilan perempuan dalam membangun provinsi berpenduduk sekira 4,6 juta jiwa itu lima tahun mendatang. (ant)

Mega: Perempuan Indonesia ... “Kalau lihat statistik, perempuan Indonesia lebih besar dari laki-laki. Mungkin kita sudah 60 persen dari laki-laki. Tapi itu kuantitas, kalau kualitas coba hitung dengan jari,” ujar Megawati saat berpidato pada acara peringatan Kartini DPP PDIP di Gedung Manggala Wanabhakti Jln. Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (21/4). Selama ini, Megawati menilai hanya ada dirinya seorang yang pernah menjadi ketua partai, wapres dan presiden sekaligus. Menurutnya, baru sedikit wanita Indonesia yang pernah menjadi anggota kabinet di Indonesia. “Artinya secara kualitas perempuan Indonesia nggak maju-maju. Secara individual wanita berkarir cukup banyak, tapi mengapa wanita bepolitik sangat kurang,” tanya Megawati. Dia menilai bahwa persoalan kuota 30 persen dalam kursi legislatif juga sangat sulit diwujudkan. Hal ini juga tidak jauhjauh dari masalah kualitas wanita Indonesia yang dinilai masih kurang baik. “Masalah kuota 30 persen itu bukan perkara mudah. Padahal sudah terbuka untuk bisa terpenuhi 30 persen. Hanya realita di lapangan untuk mendapat kadar perempuan yang berkualitas, banyak kendala yang terjadi,” sebutnya. Megawati mencontohkan kaum wanita di wilayah Indonesia bagian timur yang cenderung masih terkungkung oleh budaya. Seolah-olah kaum wanita dan pria sangat jauh berbeda Capres Megawati mengaku memiliki harapan agar puterinya Puan Maharani dapat maju sebagai calon presiden 2014. Namun Mega mengingatkan Puan bukan satu-satunya kandidat yang bakal diusung jadi capres. “Berharap ya, tapi bukan hanya puan sebagai satu-satunya, ada banyak kandidat lain,” ujarnya, belum bisa memastikan siapa Capres yang akan diusung PDIP. Menurut dia, jalan Puan menuju kursi RI 1 tidak mudah. Alasannya, perempuan masih mengalami kesulitan secara politik untuk mendapat posisi penting di pemerintahan. “Sekarang ini dominasi berada di kaum laki-laki,” kata dia menyebut minimnya perempuan di dunia politik karena rendahnya minat untuk mengabdikan diri melalui jalur politik. “Secara individual wanita berkarir cukup banyak, tapi mengapa wanita berpolitik sangat kurang,” kata dia mengkritik.(net)

4 Gempa Kembali ... Pada pukul 05.19 Wib terjadi gempa dengan kekuatan 5.6 SR di lokasi 3.19 LU dan 93.45 BT atau berjarak 301 kilometer barat laut Kabupaten Simeulu pada kedalaman 10 kilometer di laut. Sedangkan gempa bumi dini hari terjadi pukul 02.34Wib dengan magnitude 5,1 SR di lokasi 3.22 LU dan 94.21 BT atau 220 kilometer barat laut Simeulu pada kedalaman 10 kilometer di laut. (b06)

Sapi Diracun ... ”Selama ini banyak warga mengeluh hewan ternaknya hilang, dan bangkainya setelah ditinggalkan sebentar sudah lenyap. Ternyata itu kerjaan mereka” kata Aiyub. Menurut Aiyub, dari pengakuan ketiga tersangka saat diintrograsi warga, dalam memuluskan aksinya, para pencuri itu terlebih dahulu memberi racun dengan memasukan karbit ke dalam pisang. Selanjutnya pisang berisikan karbit itu dimasukkan ke dalam mulut Sapi, setelah hewan ternak Sapi itu mati, baru bangkainya diangkat ke atas becak untuk diangkut dan dagingnya dijual ke pasar. Camat Simpang Tiga, Iskandar Abas, kepada Waspada, Sabtu (21/4) mengatakan pihaknya sering menghimbau kepada masyarakat, untuk menjaga dan merawat hewan ternaknya secara baik dan tidak dilepas di jalan-jalan, karena dapat berisiko besar. Baik terjadi laka lantas maupun mudah dicuri, seperti yang terjadi. Kendati begitu sebut dia, saat ini pihaknya merasa lega karena pencuri hewan-hewan ternak milik warganya sudah tertangkap. Selama ini Iskandar Abas juga sering mendapat laporan warga bahwa hewan ternak hilang dan mati mendadak. Bahkan baru-baru ini sudah datang petugas dari Dinas Peternakan memeriksa contoh darah hewan ternak di daerah itu. “Kita berharap warga dengan adanya kejadian seperti ini supaya bisa menjaga dan merawat hewan ternaknya dengan baik dengan cara mengkandangkan mereka” kata Iskandar Abas. Kapolres Pidie AKBP Dumadi, SSTmk kepada Waspada, Sabtu (21/4) membenarkan pihaknya telah mengamankan tiga tersangka pelaku pencuri sapi di Desa Empeh, Kecamatan SimJawaban Problem Catur, pang Tiga. Satu orang tersangka telah diserahkan pihaknya Dari Halaman Sport. kepada POM TNI AD Makodim setempat, sedangkan dua orang tersangka lainnya diamankan 1. ....., Kd3. di Mapolres Pidie. Ketiga tersangka pencuri 2. Ra1, BxGb2. hewan ternak itu diamankan pihaknya bersama barang bukti 3. Mxc4, Mxa3+. berupa satu unit beca motor dan 4. Ma2, MxM+mat. (Atau satu ekor bangkai sapi. “Ketiga tersangka awalnya ditangkap 1. ....., BxG+. warga saat sedang mengangkat bangkai Sapi ke atas becak ber2. RxB, Mb3+. motor. Tidak lama kemudian datang Polisi dari Mapolsek Sim3. Ra1, Kd3. pang Tiga dan mengamankan 4. Mxc4, Mb2+mat. Jika TKP. Ketiga tersangka berikut barang bukti sudah kita aman4. Bb1, Mxa3+mat). kan” demikian Dumadi. (b10)

Munawar menyebutkan, jumlah peserta UN untuk SMP Negeri sebanyak 11.918 siswa dan SMP swasta 25.481 siswa, dengan total peserta 37.399. Sedangkan jumlah sekolah penyelenggara sebanyak 316, dan ruang ujian yang disiapkan sebanyak 2.032 dengan pengawas 4.064 orang. Untuk MTs, jumlah sekolah penyelenggara UN sebanyak 70 dengan peserta dari MTs Negeri 736 siswa, dan MTs Swasta 3.702 siswa, sehingga keseluruhan mencapai 4.438 siswa. Jumlah ruangan ujian sebanyak 253 dengan pengawas 506 orang. “Bagi siswa yang tidak hadir saat UN, tetap punya kesempatan ujian susulan pada 30 April - 4 Mei,” kata Munawar mengingatkan siswa yang mengikuti UN susulan menaati peraturan

yang berlaku. “Jumlah yan akan ujian susulan ada 132 orang,” kata dia. Ikrar jujur Sementara, ribuan siswasiswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kementerian Agama Aceh mengucapkan ikrar jujur dan berprestasi dalam melaksanakan UN. Ikrar siswa dipusatkan di halaman MTsN 1 Model Banda Aceh, Sabtu(21/4), dihadiri ratusan siswa-siswi MTs dan MI di Banda Aceh, kepala madrasah se-Kota Banda Aceh, Ketua PGRI, Kobar GB serta stokeholder pendidikan lainnya. Ikrar yang dibacakan Wardatul Jannah, siswi MTsN 1 Model Banda Aceh intinya siap menyukseskan UN dengan jujur dan berprestasi serta mem-

bangun budaya pembelajaran berdasarkan ajaran Islam dan nilai-nilai utama karakter bangsa, yaitu beriman, bertakwa, jujur, bersih, santun, cerdas, disiplin, kreatif, kerja keras dan bertanggungjawab. Kakanwil Kemenag Aceh Drs Ibnu Sa’dan, M.Pd mengatakan, ikrar ini sesuai surat edaran Menag RI, karena UN jujur dan berprestasi sangat penting. “Ikrar kita lakukan ini mewakili atau sebagai sampel untuk seluruh Aceh. Tapi secara serentak gaungnya sampai ke kabupaten/ kota lainnya di Aceh,” kata Ibnu. Dia menjelaskan menjelaskan, siswa -siswi di Aceh yang ikut UN tahun ini berjumlah 23.425 siswa untuk tingkat MTs dan 20.280 siswa untuk tingkat MI. (m37/b02)

Copot Sekda Palas Dari Jabatannya SIBUHUAN ( Waspada): Menjaga supaya Kabupaten Padang Lawas Kondusif, sebaiknya Sekda Palas Gusnar Hasibuan segera ditarik dari jabatannya, karena sebelum Gubernur Sumut melantik H.Ali Sutan Harahap sebagai Plt Bupati Jumat (20/4), yang bersangkutan sudah membuat manuver, terkesan mengadu domba, yang dapat mempengaruhi kelancaran pemerintahan di Palas. Ketika itu dia mengundang seluruh pejabat eselon II dan II, namun hasilnya direkayasa, sehingga muncul kesan , seolah olah pejabat eselon II dan eselon III di lingkungan pemerintahan Kabupaten Padang Lawas menolak rencana penetapan wakil Bupati H. Ali Sutan Harahap menjadi Plt Bupati Padang Lawas. Menyusul pemberhentian Bupati H.Basyrah Lubis oleh Mendagri, untuk menindak lanjuti putusan MA terkait kasus pidana yang dilakukan saat menjabat camat Barumun. Menurut informasi yang diperoleh dalam rapat tersebut ada dua poin kesimpulan, yakni mengutus Asisten I dan Kabag Hukum ke Pemprovsu untuk menanyakan kebenaran SK pemberhentian Bupati Padang Lawas H. Basyrah Lubis, SH, ke Gubsu

Surat tersebut menanyakan,jika syah pemberhentian Bupati Palas H Basyrah Lubis sebagai Bupati dan menetapkan H.Ali Sutan Harahap alias Tongku Sutan Oloan (TSO) jadi Plt Bupati Palas, maka dimohon kepada TSO tidaksewenang-wenang melaksanakan mutasi. Setelah hasil rapat dibacakan, seluruh pejabat eselon II dan III dipersilahkan untuk menandatan gani pada lembaran kertas yang sudah disediakan, tapi kemudian isi surat tersebut di rekayasa oknum Sekda sehingga kesannya bertentangan dengan hasil rapat yang syah. Seperti diungkapkan Kaban Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Palas, Drs Burhanuddin Harahap sebelumnya kepada wartawan,ia merasa dikelabui, karena dalam rapat yang dipimpin Sekda Palas Drs Gusnar Hasibuan selaku Ketua Korpri Palas 10/4 di lantai II, Aula kantor Bupati Palas. Dihadiri seluruh pimpinan SKPD, mulai dari camat, kabag hingga kadis dengan agenda mendengar tanggap dan saran SKPD terkait pemberi taan media tentang rencana pemberhentian Bupati H Basyrah Lubis SH oleh Mendagri, dalam rapat itu tidak pernah ada membicarakan

penolakan. Terbitnya berita penolakan mengakibatkan suhu politik meninggi , sehingga terkesan bahwa pejabat eselon II dan eselon III di Padang Lawas telah terbawa arus dan tekanan , terjadinya hal ini tidak lain dari tingkah oknum Sekda. Sebelum rapat yang dipimpin Sekda Palas Gusnar Hasibuan yang berbuah rekayasa tersebut, sebenarnya para pejabat eselon di Palas tidak ada sedikitpun merasa curiga kepada TSO bila dia menjabat akan melakukan tebang pilih. Sebab selama ini mereka memahami betul tentang pribadi TSO yang cukup bersahabat dan terbuka kepada bawahannya, dia menjalankan tugas tidak obahnya antara anak dan ayah, yakni mengayomi dam memberikan bimbingan, tapi jika salah tentu dimarahi demi kebaikan. Setelah usai pelantikan Jumat kemaren,sekarang semua sudah jelas serta terbuka, tidak ada lagi yang diragukan, yang menciptakan ketegangan Palas tidak lain oknum Sekda Kabupaten Palas Drs.Gusnar Hasibuan, untuk menghindari supaya tidak terulang kasus demikian, tidak lain dia harus ditarik dari jabatannya. (a26)

Tikam Korbannya, Pejambret Ditangkap

Waspada/Arman Konadi

MAHDI, 34, satu dari empat pelaku pengancaman kadis kelautan dan perikanan Pidie, menjalani pemeriksaan di Mapolres Pidie, Sabtu (21/4). Pengancaman terkait kekecewaan pelaku karena kalah tender dalam proyek Rp 200 juta didinas kelautan dan perikanan.

Ancam Tembak Kadis, Warga Pidie Ditangkap Polisi SIGLI (Waspada) : Kepolisian Resort Pidie, Jumat (20/ 4), malam sekira pukul 21.00Wib menangkap Mahdi warga Pasi Lhok Kec.Kembang Tanjong Pidie. Pria berusia 34 tahun ini ditangkap karena diduga terlibat pengancaman Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pidie, Ir Said Ramadhan. Penyidik kepolisian menjerat pelaku dengan pasal 214 subsider 122 subsider 212 tentang kejahatan yang membahayakan keamanan umum bagi orang atau barang. Kapolres Pidie AKBP Dumadi melalui penjabat Kasatreskrim AKP Ayub mengatakan pelaku ditangkap setelah kepala dinas Kelautan dan Perikanan Pidie, IR Said Ramadhan melapor ke Polres Pidie. “Korban (Ir Said Ramadhan) datang ke kita dan melapor telah terjadi pengancaman atas dirinya,”kata AKP Ayub, Sabtu (21/4). Berdasarkan laporan korban Kata Ayub, pengancaman terjadi Jum’at (20/4), sekira pu-

MEDAN (Waspada): Berdalih tak punya pekerjaan tetap, seorang pemuda yang diketahui bernama Muhammd Iman Anugrah ,20, warga Jalan Tangguk Bongkar X Gang Sekolah Medan, nekat menjambret seorang penumpang beca bermotor di komplek Perumahan Asia Mega Mas Jalan Asia, Medan, Jumat (20/4) sekira pk 24:00. Akibatnya, tersangka Muhammad Iman Nugraha kini dijebloskan ke dalam sel Polsek Medan Area. Tersangka Muhammad Iman Nugraha nekat merampas tas milik Doris Rizan ,38, warga Jalan Brigjen Katamso No. 230 Medan. Saat itu korban sedang menumpang becak motor (betor) . Tanpa diketahui ternyata tersangka bersama temannya yang bernama Aditia Chandra mengikuti korban menggunakan sepeda motor. Kedua penjambret tersebut terus membuntuti korban. Ketika betor yang ditumpangi korban sampai di kawasan Asia Mega Mas, melihat sasarannya turun dari betor, tersangka langsung mendekat dan merampas tas milik Doris. Namun, aksi kedua penjambret tersebut mendapat perlawanan dari korbannya. Korban yang tidak mau barangnya diambil oleh kedua tersangka sempat melakukan perlawanan dengan cara menarik tasnya kembali dari tangan tersangka dan berteriak rampok. Namun perlawanan Doris bukannya membuat tersangka menjadi takut, tersangka malah menikam tangan korban dengan obeng sehingga korban mengalami luka dibagian ta-

ngan sebelah kiri. Disaat itu lah tersangka mengambil tas milik korban dan meninggalkan korban begitu saja. Korban yang mengetahui bahwa dirinya dirampok langsung berteriak minta tolong. Petugas yang sedang melintas mendengar teriakan korban langsung mengejar tersangka. Tanpa ada perlawanan, tersangka berhasil ditangkap dengan cara menghentikan laju sepeda motor, Iman berhasil dibekuk namun temannya bernama

BANDUNG (Antatra): Institut Teknologi Bandung (ITB) pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2012 mengalokasikan sekitar 800 kursi untuk mahasiswa tidak mampu. Rektor ITB Akhmaloka di Aula Barat ITB, Bandung, Sabtu (21/4) mengatakan alokasi itu meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya diperuntukkan bagi 700 orang. “Tadinya kan 20 persen atau 700 orang, tapi sekarang saya diminta untuk menerima sekitar 800 mahasiswa tidak mampu,” kata dia. Menurutnya, ITB melakukan metode penjaringan mahasiswa tidak mampu melalui jalur undangan pada proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Selain itu para calon mahasiswa itu juga ada yang mendaftar melalui program bidik misi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemendikbud pada 2012 secara nasional meluncurkan 30 ribu paket beasiswa dalam program bidik misi bagi mahasiswa kurang mampu yang berprestasi untuk belajar di perguruan tinggi negeri. Paket beasiswa itu terdiri atas biaya kuliah sebesar Rp6 juta per semester selama 4 tahun dan biaya hidup sebesar Rp600 ribu per bulan. Selain dua jalur tersebut, Akhmaloka menjelaskan, mahasiswa tidak mampu juga bisa memperoleh beasiswa penuh yang disediakan oleh ITB. Menurut dia, saat ini ITB telah menyebar undangan ke sekitar 1.900 Sekolah Menengah Atas (SMA) di seluruh Indonesia untuk menjaring calon mahasiswa dari jalur undangan. Sedangkan sekitar 20 persen dari sekitar 3.300 kursi yang disediakan ITB akan diisi oleh calon mahasiswa dari jalur ujian tertulis.

Magang Atasi ...

2014. “Untuk itu mulai dari sekarang pemerintah terus berupaya menciptakan lapangan pekerjaan baik formal maupun informal yang diharapkan dapat menyerap para penganggur dan setengah penganggur,” katanya Ia mengatakan kondisi Indonesia saat ini sedang menghadapi berbagai masalah, diantaranyameskipunpertumbuhanekonomiIndonesiaduatahunterakhir ini semakin membaik dan terjadi penurunan tingkat pengangguran sebesar 6,56 persen. Namun secara absolut jumlahnya masih cukup besar yakni 7,70 juta, sehingga tetap merupakan masalah serius, karena mempunyai dampak terhadap instabilitas ekonomi, politik dan keamanan sekaligus menggambarkan belum optimalnya pemanfaatansumberdayayangada. Beberapa masalah lain yang juga dihadapi misalnya terkait krisis keuangan global yang terjadi baru-baru ini telah mengakibatkan menurunnya investasi baru, sehingga kesempatan kerja baru juga relatif terbatas,

koordinasi, terpadu dan berkesinambungan. “Salahsatunyaadalahdengan meningkatkan SDM dengan membangun kompetensi tenagakerjayangmemilikidayasaing guna perluasan kesempatan kerja.Yang lebih utama lagi bagimana kita dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan pada pencari kerja pendidik,” katanya. Sementara Pelaksana Tugas Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dalam kesempatan yang sama mengatakan pengangguran terbuka dewasa ini di daerah itu sudah mencapai angka 6,7 persen. Meski jumlahnya masih dibawah rata-rata nasional, namun hal itu harus tetap menjadi perhatian semua pihak, baik pemerintah daerah, maupun dunia usaha. Karena peran dunia usaha dan dunia industri sangat strategis dalam menekan angka pengangguran. “Menekan angka pengangguran, baik dalam pemagangan maupun perekrutan tenaga kerja baru, peran pelaku usaha sangat penting,” ujarnya. (m49)

pemagangan menjadi lebih intensif di Indonesia. “Program ini langkah konkrit pelaksanaan konsep untuk memastikan dunia pendidikan dan pelatihan selaras dengan kebutuhan dunia usaha, serta memastikan lulusan pendidikan terserap di pasar kerja,” ujarnya. Program pemagangan dapat dirasakan oleh perusahaan, lembaga pelatihan, dan peserta magang, bahkan dapat meningkatkan kompetensi kerja yang profesional pada tingkat yang lebih tinggi dalam persaingan sumber daya manusia. “Program ini membantu tenaga kerja secara cepat agar dapat terserap di pasar kerja, sebab bisa memberikan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, sekaligus menambah pengalaman kerja,” katanya. Dia mengatakan pihaknya dengan segala upaya dan kebijakannya bertekad untuk menurunkan angka pengangguran menjadi 5,1 persen pada tahun

ITB Sediakan 800 Kursi Untuk Mahasiswa Tidak Mampu

terlebih lagi investasi baru lebih berorientasi pada teknologi yang tidak ramah terhadap penyerapan tenaga kerja. Serta kurangnya motivasi masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja sebagai wirausaha yang pada umumnya cenderung bersifat pasif dan senang mencari pekerjaan atau bekerja pada orang lain. Pertambahan angkatan kerja yang setiap tahunnya mencapai dua juta orang , ditambah dengan penganggur yang belum mendapat pekerjaan dan pekerja yang terkena PHK, cenderung lebih besar jumlahnya dibanding dengan kesempatan kerja yang diciptakan sehingga jumlah penganggur akan selalu meningkat. Untuk itu, lanjut dia diperlukan suatu komitmen yang diimplementasikan dalam bentuk usaha yang serius dari seluruh kalangan yakni instansi pemerintah, dunia usaha dan seluruh komponen masyarakat untuk mengatasi pengangguran yang dilakukan secara terencana, ter-

kul 12.12 Wib. Saat itu korban yang tengah duduk di warung kopi didatang empat warga Kec. Kembang Tanjong yang salah satunnya merupakan Mahdi. “Mereka(Pelaku) ada empat tapi 3 diantarannya melarikan diri dan sedang dalam pencarian,”kata Ayub. Masih menurut laporan korban, lanjut Ayub, keempat warga Kembang Tanjong Pidie itu memaksa Ir Said Muhammad untuk naik ke mobil Avanza BL 643 JT yang ditumpangi keempat pelaku.”Korban sempat melawan sehingga tidak sampai dibawa pelaku,”Kata AKP Ayub. Dikatakan, Indisen terjadi diWarkop Jurong Peukan tepatnya di depan Dinas Perhubungan. Keempat pelaku sebut Ayub yakni Basri,Karim warga Pasi Lhok, Jas dan Armadi Zakaria warga Jeumeurang Kembang Tanjong Pidie. “Mereka memarkir mobil didepan dinas perhubungan dan mendatangi warkop tempat korban sedang duduk ngopi

yang tak jauh dari dinas perhubungan,”kata Ayub. Sementara itu kepada wartawan Mahdi, 34, mengaku dirinya tidak terlibat dalam pengancaman meski berada dalam mobil Avanza yang ditumpangi keempatnya. “Hanya basri yang menelpon Kadis saya hanya diajak dan tidak tahu tujuannya apa. Kalau saya tahu begini mungkin saya tak akan ikut,”kata Mahdi. Menurut Mahdi, pengancaman terkait kekesalan Basri (buron), karena tidak dimenangkan dalam tender paket senilai Rp 200 juta di dinas Kelautan dan Perikanan Pidie .Padahal kata Mahdi, Kadis pernah menjanjikan akan memenangkan perusahaan mereka dalam proyek tersebut. “Pengumumannya sudah keluar dan kami tidak menang. Kami sudah minta subnya juga boleh tapi malah dikasi ke orang lain. Tidak benar kami mengancam tembak . Kalau tidak dijanjikan mungkin kami tidak akan menuntut,”katannya.(cb06)

10 Pasangan Cabup Bireuen Masuki Tahap Pemeriksaan Kesehatan BIREUEN (Waspada): 10 Pasangan Cabup/Cawabup Bireuen memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan di RSUZA Banda Aceh, Sabtu (21/4) setelah lulus mengikuti tahapan uji mampu baca Al Quran di Masjid Agung Bireuen. Kepada Waspada, Ketua KIP Bireuen Ali Basyah, SP melalui Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Muchtaruddin, SH, MH membenarkan itu. Dikatakan, kesepuluh pasanganan yang mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan, satu di antaranya H Ruslan HM Daud-Ir Muchtar Abda, MSi (Kabid Pertanian) yang diusung Partai Aceh. Sedangkan 9 pasangan lainnya masuk melalui jalur independen (perseorangan). Kesembilan pasangan perseorangan yang mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan masing-masing, Drs H Mustafa A Glanggang mantan Bupati Bireuen 2002-2007 berpasangan dengan Anwar BA Camang Peuisangan, Drs H Hamdani Raden mantan Pjs Bupati Bireuen 1999-2002 berpasangan Murdani Yusuf anggota DPRK Bireuen. Menyusul H Husaini Ilyas mantan Wakil DPRK Bireuen berpasangan dengan Ir Razuardi Ibrahim MT, Sekda Bireuen, H Munawar Yusuf mantan Wakil DPRK Bireuen berpasangan Drs Hasan Basri M Si mentan Sekda Bireuen, Ir H Saifuddin MH anggota DPRK Bireuen berpasangan Dra Hj Rosnani Bahruny A Pt anggota DPRK Birteuen. Drs H Amiruddin,SE M Si mantan Wakil Bupati Bireuen Rektor Unimus Peusangan sekarang berpasangan Drs Muhammad Arif Andepa, Drs

Aditia Chandra berhasil meloloskan diri. Sementara itu, Kapolsek Medan Area Kompol S W Siregar melalui Kanit Reskrim AKP J Banjarnahor membenarkan kasus penjambretan tersebut dan korbannya menderita luka tikam. “Satu tersangka berhasil ditangkap dan seorang lagi masih diburon sedangkan korbannya dirawat di Rumah Sakit Colombia karena mengalami luka tikam bagian tangan,” jelas Banjarnahor. (h04)

WASPADA

Minggu 22 April 2012

Nurdin Abdul Rahman Bupati Bireuen sekarang berpasangan Zakwan Usman SP M Si (Kabid Perkebunan). Azhari, S.Sos, MM Kabag Mukim dan Gampong Sedakab

Bireuen berpasangan dengan Drs IskandarYusuf MM (mantan Kadis Perindagkop Bireuen), dan Husaini M Amin (Tgk Batee) berpasangan Yusri, SKM, MPH (RSCM) Aceh Utara.(b12)

Wamen ESDM Meninggal ... meninggalnya Widjajono yang dikenal gemar mendaki gunung itu. “Tapi beliau dikabarkan sesak, kemungkinan karena jantung,” sebutnya. Keterangan dari Kepala Kantor SAR Mataram Marsudi, jenazah Widjajono dievakuasi dari ketinggian 2.500 meter dari permukaan laut di Pos III jalur pendakian Gunung Tambora. Cuaca berkabut tebal menyulitkan evakuasi oleh tim gabungan. “Jenazahnya dievakuasi dari ketinggian sekitar 2.500 meter atau hampir mencapai puncak. Evakuasi memakai helikopter PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) oleh Tim SAR gabungan TNI, polisi dan masyarakat,” kata Marsudi. Gunung Tambora memiliki ketinggi 2.815 mdpl, terletak di perbatasan Kab. Dompu dan Kab. Bima, Pulau Sumbawa, NTB. Marsudi mengatakan,Widjajono telah meninggal saat tim evakuasi tiba di lokasi sekira pukul 15:00 WITA, sehingga langsung dibawa ke lokasi pendaratan helikopter di kaki Gunung Tambora. Selanjutnya jenazah diterbangkan ke daerah evakuasi PT NNT. Direncanakan segera dibawa ke Denpasar untuk selanjutnya menggunakan pesawat terbang menuju Jakarta. Widjajono bersama rekan-rekannya melakukan pendakian sejak 19 April, dan baru mencapai Pos III pada ketinggian sekira 2.500 mdpl. Dia dikenal suka mendaki gunung sejak kuliah dan ikut dalam organisasi pecinta alam di ITB, diduga kelelahan dalam pendakian kali ini sehingga lemas dan kritis dan menghembuskan nafas terakhirnya. (ant)

MU Jangan Takabur ... Sir Alex Ferguson. Hernandez telah mencetak 10 gol dalam 17 kali penampilannya sebagai starter di Premier League musim ini, tapi mandul dalam dua laga terakhir, yaitu saat melawan Wigan dan Blackburn. Paul Scholes kemungkinan tetap mengisi posisi gelandang sentral bersama Michael Carrick, sedangkan Nani berpeluang turun dari menit awal jika Ferguson memutuskan untuk mengistirahatkan Ashley Young. Dimitar Berbatov bakal kembali duduk di bangku cadangan, dan Anders Lindegaard sekali lagi menjadi pelapis David De Gea. Pada pertemuan pertama antara kedua tim pada musim ini, MU berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Everton berkat gol tunggal dari Hernandez. Dalam lima pertemuan terakhir antara kedua tim, MU berhasil mendominasi dengan meraih 3 kemenangan dan 1 hasil seri, sedangkan 1 pertemuan lainnya berhasil dimenangkan oleh Everton. Kemenangan terakhir Everton di Old Trafford terjadi pada Maret tahun 1991. Pada pertandingan tersebut Everton berhasil menang dengan skor 2-0 di ajang Liga Inggris. Wayne Rooney berada di urutan kedua top skor, sementara Liga Inggris dengan koleksi 24 gol, tertinggal 3 gol dibawah Van Persie yang berada di urutan pertama. Rooney sendiri hanya perlu mencetak dua gol lagi untuk membuat dia melewati rekor dari George Best dan Dennis Violett yang telah mencetak 179 gol bagi MU. Sebaliknya, Everton bakal pincang dengan absennya Leighton Baines. Dia mengalami cedera serius akhir pekan kemarin saat tampil di semifinal FA Cup menghadapi Liverpool. Bukan hanya di partai kontra MU, pemain timnas Inggris itu bahkan terancam bakal tidak bisa turun ke lapangan lagi sampai akhir musim. The Sun, Jumat (20/4), mengabarkan hasil pemeriksaan medis menyatakan Baines menderita memar tingkat 2 pada hamstring. Setidaknya dia membutuhkan waktu empat pekan untuk memulihkan kondisi. Kabar absennya Baines merupakan petaka besar buat Everton. Pasalnya selama ini pemain 27 tahun tersebut menjadi andalan tim asuhan David Moyes di lini pertahanan. David Moyes akan mengandalkan Gueye, Pienaar, Osman dan Anichebe yang membuahkan gol ke gawang Sunderland empat gol tanpa balas. Prediksi pemain MU: De Gea: Evra, Ferdinand, Evans, Rafael, Nani, Carrick, Scholes, Hernandez, Rooney dan Welbeck. Everton: Howard; Heitinga, Distin, Neville, Pienaar, Gibson, Osman, Fellaini, Cahill, Gueye dan Jelavic. # Setia Budi Siregar

Sumut - Aceh

WASPADA Minggu 22 April 2012

Rescue BPBD Dan SAR Aceh Utara Temukan Jasad Korban Banjir

WASPADA

Pemimpin Umum Dr. Hj. Rayati Syafrin Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab H. Prabudi Said Wakil Pemimpin Umum/Wapemred H. Teruna Jasa Said Wakil Penanggung Jawab H. Sofyan Harahap Redaktur Senior H. Azwir Thahir

LANGKAHAN (Waspada) : Tim Rescue Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan SAR Aceh Utara, yang sempat kewalahan mencari jenazah korban banjir, akhirnya menemukan jasad seorang korban banjir, Sabtu (21/4) sore. “Jenazah korban ditemukan di Desa Grong-grong, Kec. Pante Bidari (Lhoknibong), Aceh Timur, 4 kilometer dari area tenggelam. Tim gabungan bersama masyarakat menemukannya Sabtu (21/ 4), sekitar pukul 15:00,” kata Camat Langkahan T Nadirsyah. Sebagaimanadiberitakan,IskandarHasyim,18,pemudaGampong Krueng Lingka/Lueng Angen, Langkahan tewas tenggelam terseret arus Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Arakundo, saat sungai ini meluap (banjir), Kamis (19/4) malam. Camat Langkahan menjelaskan, selain tim gabungan (Rescue BPBD dan SAR) Aceh Utara, pihak unsur musyawarah kecamatan (Muspika) setempat juga ikut mengerahkan masyarakat desa setempat mencari jasad korban. (b13)

Pemimpin Perusahaan: Dr. Hj. Rayati Syafrin. Wakil Pemimpin Perusahaan: H. Bahtiar Tanjung. Iklan: Hj. Hilda Mulina (Kabag), Rumondang Siagian (Medan), Lulu (Jakarta). Redaktur Pelaksana Berita: Armin Rahmansyah Nasution. Redaktur Pelaksana Opini & Artikel: Dedi Sahputra. Redaktur Minggu & Akhir Pekan: Muhammad Thariq. Redaktur Berita: H. Halim Hasan, Hendra DS. Redaktur Medan: David Swayana. Redaktur Sumatera Utara: H.T. Dony Paridi. Redaktur Aceh: M. Zeini Zen. Redaktur Luar Negeri: H. Muhammad Joni. Redaktur Nusantara: Edward Thahir. Redaktur Olahraga: Jonny Ramadhan Silalahi. Redaktur Ekonomi: Armin R. Nasution. Redaktur Agama: H. Syarifuddin Elhayat. Litbang: H. Akmal AZ (Kabag). Humas: H. Erwan Effendi (Kabag), Aidi Yursal. Sekretaris Redaksi: Hj. Hartati Zein. Pemasaran: H. Subagio PN (Medan), Zultamser (Sumatera Utara), Sinur Manik (Aceh). Asisten Redaktur: Irwandi Harahap (Medan); Feirizal Purba (Sumatera Utara); Armansyah Thahir (Sumatera Utara, Otomotif); Diurna Wantana (Aceh); Austin Antariksa (Olahraga, KMS Kreasi); Syafriwani Harahap (Luar Negeri, Popular, Pariwisata); Rudi Faliskan (Berita); Hj. Hoyriah Siregar (Ekonomi); T. Junaidi (Hiburan); Hj. Erma Sujianti Tarigan (Agama), Hj. Neneng Khairiah Zen (KMS Remaja, Mode); Anum Purba (Keluarga); David Swayana (Infotainmen); Hj. Ayu Kesumaningtyas (Kesehatan); Dedi Riono (Budaya); Denny Adil (Pelangi). Wartawan Kota Medan: Umum: Zulkifli Harahap, Amir Syarifuddin, Ismanto Ismail, Rudi Arman, Zulkifli Darwis, H. Abdullah Dadeh, H. Suyono, Ayu Kesumaningtyas, David Swayana, Gito AP, Rizaldi Anwar, M. Ferdinan Sembiring, M. Edison Ginting, Anum Purba, Sahrizal, Sulaiman Hamzah, Sugiarto, Rustam Effendi, Mursal Alfa Iswara, Andi Aria Tirtayasa . Olahraga: Austin E. Antariksa, H. Syahputra MS, Setia Budi Siregar, Dedi Riono. Fotografer: Muhammad Faisal, Hang Tuah Jasa Said, Surya Effendi, Hamdani. Otomotif: Armansyah Thahir. Koran Masuk Sekolah/KMS: Dedek Juliadi, Hajrul Azhari Ritonga. Wartawan Jakarta: Andi Yanto Aritonang (Koordinator Liputan), Hermanto, H. Ramadhan Usman, Hasriwal AS, Nurhilal, Edi Supardi Emon, Agus Sumariyadi, Dian Warastuti, Aji K, Yuslan Kisra. Wartawan Sumatera Utara: Binjai: H. Riswan Rika, Nazelian Tanjung. Deli Serdang: H.M. Husni Siregar, Hotma Darwis Pasaribu, M. Suhandi Nasution. Serdang Bedagai: Eddi Gultom, Edi Sahputra. Stabat: H. Ibnu Kasir, Abdul Hakim. Pangkalan Brandan: Chairil Rusli, Asri Rais. Kabanjahe/ Berastagi: Dickson Pelawi, Basita Bukit, Dedek Mohan Basri Hasibuan, Micky Maliki. Tebing Tinggi: Muhammad Idris, Abdul Khalik. Pematang Siantar: Mulia Siregar, Edoard Sinaga. Simalungun: Ali Bey, Hasuna Damanik, Balas Sirait. Aek Kanopan: Indra Muheri Simatupang, Syahril Ilham. Rantau Prapat: H. Nazran Nazier, Armansyah Abdi, Neirul Nizam, Budi Surya Hasibuan. Kota Pinang: Hasanuddin Harahap, Deni Syafrizal Daulay. Pangururan: Edison Samosir. Balige: Jimmy Sitinjak. Sidikalang: Natar Manalu. Pakpak Bharat: Arlius Tumanggor. Tarutung: Parlindungan Hutasoit, Marolop Panggabean. Sibolga/Tapanuli Tengah: Zulfan Nasution, Alam Satriwal Tanjung. Padangsidimpuan: H. Syarifuddin Nasution, Sukri Falah Harahap, Ahmad Cerem Meha. Gunung Tua: Sori Parlah Harahap. Sibuhuan: Idaham Butarbutar, Syarif Ali Usman. Panyabungan: Munir Lubis, Sarmin Harahap, Alpin Lubis. Gunung Sitoli: Bothaniman Jaya Telaumbanua. Kisaran: Nurkarim Nehe (Koordinator Liputan Asahan, Batubara & Tanjungbalai), Bustami Chie Pit, Sapriadi. Batubara: Helmy Hasibuan, Agus Diansyah Hasibuan, Sahril, Iwan Hasibuan. Tanjung Balai: Rahmad Fansur Siregar, Rasudin Sihotang. Wartawan Aceh: Banda Aceh: Aldin Nainggolan (Ka Perwakilan), Iskandarsyah (Koordinator Liputan), Muhammad Zairin, Munawardi Ismail, Zafrullah, T. Mansursyah, T. Ardiansyah, Jaka Rasyid, Gito Rollies. Lhokseumawe: Bustami Saleh (Ka Perwakilan/Koordinator Liputan), M. Jakfar Ahmad, Zainal Abidin, Zainuddin Abdullah, Maimun. Kuala Simpang: Muhammad Hanafiah, Hasanul Hidayat. Langsa: H. Syahrul Karim, H. Ibnu Sa’dan, H. Samsuar. Lhoksukon: Musyawir. Idi: Muhammad H. Ishak. Bireuen: HAR Djuli, Amiruddin, Abdul Mukti Hasan. Takengon: Bahtiar Gayo, Irwandi. Sigli: Muhammad Riza, H. Rusli Ismail. Sabang: T. Zakaria Al-Bahri. Subulussalam: Khairul Boang Manalu. Tapaktuan: Zamzamy Surya. Blangpidie: Sudarmansyah Putra. Kutacane: Mahadi Pinem, Ali Amran. Blangkejeren: Bustanuddin, Wintoni. Bener Meriah: Khairul Akhyar, Irham Hakim. Singkil: Tarmizi Ripan, Mansurdin. Sinabang: Muhammad Rapyan.

� Semua wartawan Waspada dilengkapi dengan kartu pers. Tidak dibenarkan menerima uang dalam bentuk apapun. Jangan layani dan segera laporkan ke pihak berwajib atau ke Sekretaris Redaksi bila ada oknum yang mengaku wartawan Waspada tetapi tidak bisa menunjukkan kartu pers yang sah, ditandatangani Pemimpin Redaksi �

Hubungi kami Penerbit: PT Penerbitan Harian Waspada Komisaris Utama: Tribuana Said Direktur Utama: dr. Hj. Rayati Syafrin, MBA, MM SIUPP: 065/SK/MENPEN/SIUPP/A.7/198 tanggal 25 Februari 1988 Anggota SPS No. 13/1947/02/A/2002 KANTOR PUSAT Jalan Letjen Suprapto/Brigjen Katamso No. 1 Medan 20151 Tel: (061) 4150858, Faks Redaksi: (061) 4510025, Faks Tata Usaha: (061) 4531010. E-mail Redaksi: redaksi@waspadamedan.com KANTOR PERWAKILAN DAN BIRO � Perwakilan dan Biro Jakarta: Jalan Siaga II No. 6 C Pejaten Barat, Pasar Minggu Jakarta Selatan. Tel: (021) 79197052, Faks: (021) 79199874. � Perwakilan dan Biro Banda Aceh: Jalan Ratu Syafiatuddin No. 21 C, Banda Aceh. Tel & Faks: (0651) 22385. � Perwakilan dan Biro Lhokseumawe: Jalan Iskandar Muda No. 65, Lhokseumawe. Tel: (0645) 42109. � Biro Asahan: Jalan Sutami No. 30 Kisaran. Tel: (0623) 41412. Harga iklan per mm kolom: Hitam-putih Rp. 11.000,-, berwarna Rp. 30.000,Halaman depan: hitam-putih Rp. 33.000,-, berwarna Rp. 90.000,Ukuran kolom: 40,5 mm. E-mail Iklan: iklan@waspadamedan.com Pencetak: PT Prakarsa Abadi Press, Jalan Sidorukun Medan. Isi di luar tanggung jawab percetakan

A3

Terjepit Waktu, Rekanan Disbunhut Subulussalam Protes

Waspada/Arman Konadi

MORTIR SISA PERANG: Petugas kepolisian dari Mapolres Pidie memperlihatkan mortir yang ditemukan penambang di Sungai Tiro, Jumat (20/4). Mortir seberat 3 kg dengan diameter 5 cm dan panjang 40 diperkirakan masih aktif.

Mortir Sisa Belanda Ditemukan Di Krueng Tiro SIGLI (Waspada) : Sebuah mortir yang diduga masih aktif ditemukan Sukardi, 24, warga Pulo Drien, Kec. Mutiara Timur, Sigli, Kab.Pidie, Jumat (20/4) siang. Mortir berdiameter 5 cm dengan berat 3 kg dan panjang 40 cm itu ditemukan di dasar Krueng Tiro, saat Sukardi sedang menambang pasir. Kapolres Pidie AKBP Dumadi, melalui Kasat Intel AKP Apriadi

mengatakan, meski beberapa bagian mortir mulai berkarat,

namun mortir masih aktif. Dikatakan, mortir diperkirakan peninggalan Belanda. Menurut Apriadi, Mortir ditemukan saat Sukardi yang berprofesi tetap sebagai petani menambang pasir. Dijelaskan, saat hendak menyelam, kaki Sukari menyentuh badan mortir yang terbenam di dasar sungai. “Karenapenasarandiakemudian menyelam dan mengangkatnya ke permukaan air,” kata Apriadi. Menurut Apriadi, Sukardi

sempat membawa pulang mortir temuannya ke rumah. Namun karena khawatir, mortir kemudian diserahkan ke polisi. “Dia melapor menemukan bom, dan usai menerima laporan langsung kita menuju Pulo Drien,” kata Apriadi. Apriadi mengatakan, untuk sementarawaktu,mortirdiamankan di Mapolres Pidie dan akan diserahkankeBrimobPoldaAceh untuk diledakkan secara aman (disposal). (cb06)

Sarang Walet Di Pantonlabu Rusak Keindahan Kota PANTONLABU (Waspada): Penangkaransarangburungwalet di Pantonlabu, Kec. Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, tanpa izin usaha, kendati pengutipan pajak tetap lancar, Rp750.000 per tahun per

pintu toko usaha tersebut. Kepala kantor (Kakan) Lingkungan Hidup Aceh Utara Hj Nuraina mengatakan, menjamurnyausahabudidayaburungwalet di kota ‘pisang sale’ (Pantonlabu)

Diskanla T. Balai Stop Rekomendasi Pembelian BBM Pakai Jerigen TANJUNGBALAI (Waspada): Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Tanjungbalai menghentikan pengeluaran rekomendasi untuk pembelian BBM jenis solar memakai jerigen di SPBU. “Pasca penundaan kenaikan BBM, kita tidak lagi mengeluarkan rekomendasi bagi nelayan untuk membeli BBM memakai jerigen di SPBU,” kata Kadis Perikanan dan Kelautan Kota Tanjungbalai, Nefri Siregar kepada Waspada, kemarin. Penghentian rekomendasi itu, menurut Nefri, telah diumumkan secara tertulis kepada seluruh SPBU di Kota Tanjungbalai. “Jadi, mulai 1 April 2012, tidak ada lagi rekomendasi dari Diskanla kepada nelayan untuk melegalkan pembelian BBM jenis solar menggunakan jerigen di SPBU,” tegas Nefri. Oleh sebab itu, lanjut Nefri, untuk kebutuhan BBM bagi nelayan tradisional, hanya dilayani oleh Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBB), Solar Paket Dealer Nelayan (SPDN), dan Agen Pemasaran Minyak dan Solar (APMS). “SPBU tidak lagi melayani kebutuhan BBM bagi nelayan,” jelas Nefri. Berdasarkan catatan Waspada, unsur Muspida Tanjungbalai bulanlalumembuatkeputusanbersamayangisinyamemperbolehkan pembelian BBM pakai jerigen mengingat banyaknya nelayan kecil Tanjungbalai yang tidak tercover di SPBB, SPDN dan APMS. Unsur Muspida yang hadir pada 14 Maret 2012 itu, sepertiWakil Ketua DPRD Surya Darma AR, Kapolres Tanjungbalai AKBP EP Sirait, Dandim 0208/AS Letkol Inf Muhammad Ali, ditambah para pengusaha SPBU, SPBB, SPDN, dan APMS serta sejumlah Asosiasi Nelayan dan Organisasi angkutan darat (Organda). (a14)

ini,telahmerusakkeindahankota, berikut kebisingan yang mengganggu ketenangan. Selain Kakan LH kabupaten ini, Pj Geuchik Kota Pantonlabu Tgk Hasballah Hasbuh mengakui usaha penangkaran burung walet tersebut selama ini sangat bising dan memicu kesemrawutan. “Penyambungan bangunan toko bertingkat untuk istana walet bagai tidak terkendali,” katanya. Hasil pantauan Waspada, kota kecil yang memiliki 333 pintu bangunantokoini,sebagianbesar toko sudah beralih fungsi, atau setidak-tidaknya berfungsi ganda antara tempat usaha dengan sarang burung walet. “Saya sudah mengirim surat keberatan kepada Bupati Aceh Utara, tahun 2011 lalu, namun sampai kini belum ada respon,” lanjut Kades Hasballah Hasbuh. Menurutnya, sarang burung walettersebut,umunyamilikWNI turunan di bawah koordinator Sofyan Ali alias toke Yan. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, volumetempatusahaterusmeningkat,terumadiJalanPendidikan, disusul Dusun I, II dan IV, juga di Jalan Asia Pantonlabu,” terang Kades setempat. Menyangkut usaha burung walet tanpa izin (illegal) diakui Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Aceh Utara T Sulaiman. “Jangankan di Pantonlabu, dalam ruang lingkup Aceh Utara, juga belum ada satupun usaha burung walet yang punya izin,” jelasnya.

Koordinator sarang walet di Pantonlabu, Sofyan Ali, 60, warga Jalan Perdagangan Pantonlabu membenarkan usaha burung walet selama ini di ibu kotaTanah Jambo Aye (Pantonlabu), dalam kurun waktu lima tahun terakhir tumbuh pesat.Tapi, bukan hanya milik WNI turunan. Bayangkan, kata dia, jumlah toko yang dijadikan penangkar usaha walet hanya sekitar 16 titik pada 2001 dan pada akhir 2005 sudah mencapai 50 titik lebih. Sekarangentahberapa,tidakdiketahui lagi jumlahnya. TokeYan membantah, pihaknya bukan koordinator, tapi mediator antara pengusaha burung waletdengansiapasajayangperlu dimediasi. “Karena pengusaha burung walet di kota ini banyak milikWNI turunan, itu saya akui. Hal-hal yang saya mediasi, misalnya untuk mengumpulkan sumbangan-sumbangan sukarela,” tandasnya. “Saya sudah bertahun-tahun taat membayar pajak, Rp750.000 per tahun. Pajak itu saya bayar kepada pegawai kantor Camat Tanah Jambo Aye,” papar TokeYan. Statusbudidayaburungwalet di Pantonlabu, semuanya ilegal. SekarangdiAcehUtara,sudahada qanun (Perda) yang menertibkan usahaburungwalet,namunimplementasi di lapangan belum ada. Kadis DPKKD setempat T Iskandar Nasri yang coba dihubungi terkesan enggan berkomentar.“Itu urusan bawahan saya, ibu Jah,” katanya, Jumat (20/4). (b13)

Orangtua Di Madina Resah, Banyak Siswa Bolos Di Warnet PANYABUNGAN(Waspada): Orangtua siswa menumpahkan keresahannya karena banyak siswa di Mandailing Natal bolos saat jam belajar dan nongkrong di warung internet (warnet). Mereka pergi ke warnet saat jam belajar. Karenanta, para orangtua murid di Madina meminta Dinas Pendidikan Madina untuk melakukan pengawasan dan menggelar razia ke warnet-warnet pada saat jam belajar. “Kami para orangtua sebenarnyatelahmemberikannasihat kepadaanak-anakkamiagardapat belajar di sekolah dan tidak bolos sekolah karena hal itu merugikan masa depan mereka sendiri,” ujar M Nasir, salah seorang orangtua siswa kepada Waspada di Panyabungan, Kamis (19/4). Diakuinya, akibat pergaulan dan pengaruh luar yang masuk, bisa saja anak-anak akhirnya melenceng.Warunginternetbiasanya menjadi pilihan mereka saat bolos sekolah. “Ini sudah banyak terjadi dan telah ada pengaduan warga yang melihat banyak siswa yang bermain internet saat jam

belajar,” ujarnya. Saat di warnet para siswa itu malah banyak yang hanya bermain game serta ber-facebook ria. Dan bila kondisi ini terus dibiarkan, maka selain kegiatan belajar siswa terganggu, masa depan generasi muda mendatang terancam. “Kita berharap guru dan dinas pendidikan dan aparat terkait harusmengambiltindakanuntuk melakukan operasi sayang untuk memberikan efek jera bagi siswa yang bolos saat jam belajar. Dan Disdik Madina harus memberi imbauan kepada pemilik warnet agar tidak memperbolehkan siswayangberpakaianseragam memasuki warnet saat jam-jam sekolah,” sebutnya. Sekretaris Disdik Madina Khoirul Anwar Batubara menyatakan, pihaknya akan segera mengeluarkan surat edaran kepadasetiapsekolahdanpemilik warnet agar tidak memperbolehkan siswa memasuki warnet di saat proses belajar-mengajar berlangsung apalagi berpakaian seragam sekolah. (c15)

SUBULUSSALAM (Waspada) : Terjepit dengan batas waktu pembayaran 45.000 pohon bibit kelapa sawit (BKS) kepada Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan, Dir CV Karya Lae Taban (KLT), Subulussalam mempertanyakan hal itu. Kepada Waspada, Rabu (18/4) di Subulussalam, Anwar Rustam, Dir. CV KLT mengatakan, pemasukan penawaran Otsus 2012 dengan HPS Rp1.557 miliar di Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) setempat dimulai 14 Februari 2012. Disusul evaluasi, 15-24 Februari 2012 dan pengumuman, semestinya per 13 Maret 2012. “Sampai hari ini belum diumumkan, padahal batas pembayaran 30 April 2012,” papar Anwar yang menilai ada kejanggalan dengan persoalan itu. Ia pun mengaku heran karena dibandingkan dinas lain, ratarata telah melakukan dua kali tender. Dia berharap, pihak kompeten memeriksa keabsahan dokumen itu. Seperti salinan surat terkait diterima Waspada, PPKS Medan per 9 Februari 2012 telah menyurati CV KLT. Disebutkan, PPKS menyediakan 45 ribu BKS mulai Oktober - Desember 2012 secara bertahap. Dan jika hingga 30 April 2012 tidak dibayar, persetujuan permohonan tidak berlaku/batal. Lalu surat PPKS per 21 Maret 2012 kepada Ketua Pokja Pengadaan Barang & Jasa Disbunhut Kota Subulussalam perihal Klarifikasi DO & Permohonan Pembelian Bibit Sawit disebutkan, DO benih sawit per 31 Januari 2012 dan per 02 Februari 2012 masingmasing sebanyak 35.875 butir. PPKS pun menyebutkan permohonan pembelian BKS benar telah dilakukan CV KLT Subulussalam, 6 Februari 2012. (b28)

20 Rumah Duafa Hampir Rampung BIREUEN (Waspada): 20 Unit rumah fakir miskin, bantuan Baitul Mal Provinsi Aceh, periode Januari-Desember 2012 untuk Bireuen hampir rampung dibangun. “Lima dari 20 unit rumah bantuan realisasi dari usulan yang diajukan Baitul Mal Bireuen 20 unit, namun direalisasikan lima unit,” kata Ketua Baital Mal Bireuen Ahmad Ajadi kepada Waspada, Kamis (19/4) petang. Sedangkan 15 unit lainnya, sambung dia, adalah bantuan pihak baitul mal provinsi ke Bireuen, kebetulan bersamaan dengan realisasi bersamaan bantuan lima unit lain yang diberikan melalui baitul mal Bireuen. “Lokasi pembangunannya tersebar di empat kecamatan, yaitu Jeumpa, Kota Juang, Juli dan Peusangan,” jelasnya. Dikatakannya, Tim Inspektorat sudah meninjau ke lokasi pembangunan rumah, Kamis (19/4) dan umumnya telah mencapai 95 persen pembangunan. “Penerima bantuan rumah bantuan adalah warga yang yang pendapatan di bawah Rp600 ribu per bulan dan satu unit rumah itu anggarannya sekira Rp50 juta per unit,” pungkasnya. (cb02)

Soal Baliho, Balon Wali Kota Membandel P.SIDIMPUAN (Waspada) : Meski sudah ditegur secara tertulis oleh Panwaslukada Kota Padangsidimpuan agar tidak mencantumkan kalimat berbau Pilkada pada baliho, spanduk dan alat peraga lainnya, ternyata masih ada bakal calon wali kota yang membandel. Pantauan Waspada di seputaran Kota Padangsidimpuan, Jumat (20/4), baliho besar berbingkai kayu milik pasangan bakal calon kepala daerah masih mencantumkan kalimat dan gambar berbau pilkada. Seperti milik Dedi JP Harahap-Affan Siregar di pagar sekolah PAUD Al-Kautsar Padangmatinggi atau depan Makodim 0212/TS. Kemudian di tikungan Jalinsum Padangmatinggi sebelum jembatan Sihitang atau selepas MakoYonif 123/Rajawali. Meski demikian ada juga spanduk kain dengan kalimat berbau pilkada milik Chaidir Ritonga di dinding gudang SPBU Padangmatinggi. Paling mencolok adalah baliho milik Dedi-Affan di pagar PAUD Al-Kautsar. Meski milik swasta, namun yang jelas bangunan pemilik pagar tempat berdirinya baliho itu adalah sebuah lembaga pendidikan. Ketua Panwaslukada Kota Padangsidimpuan Helty Ritonga mengaku bingung dengan sikap Pemko. Karena belum melakukan penertiban terhadap baliho dan alat peraga kampanye yang dianggap menyalahi, sesuai hasil kesepakatan bersama pada 28 Maret 2012. (a27)

Warga Serakkan Sampah Ke Badan Jalan KABANJAHE (Waspada) : Merasa kesal sampah dibiarkan menumpuk, sejumlah warga di Jalan Samura, Kabanjahe melakukan aksi protes dengan menyerakkan tumpukan sampah dariTempat Pembuangan Sampah (TPS) ke badan jalan, Kamis (19/4) dinihari. Pantauan Waspada, sampah yang dibuang ke badan jalan sebenarnya cukup berbahaya bagi pengguna jalan, khususnya pengendara roda dua, karena berada di lokasi minim penerangan. Beberapa pengendara sepeda motor yang melaju dengan kecepatan tinggi nyaris terjatuh saat melintasi tempat tersebut. Warga mengaku kesal, karena sudah lebih dari tiga pekan sampah yang berada di TPS, persis berada di simpang Gang Tambun tidak kunjung diangkut petugas. Padahal, tumpukan sampah tersebut berada di daerah permukiman. Selain menimbulkan bau yang menyengat, warga khawatir sampah menimbulkan penyakit. “Sudah lebih tiga minggu sampah ini dibiarkan menumpuk. Kadang kalau hujan deras bisa membuat banjir. Baunya menyengat, lalat juga semakin banyak, apalagi berdekatan dengan permukiman warga,” ujar Sembiring, 40, warga Jalan Samura Kabanjahe. Ketua Pembina Lembaga Pembinaan Masyarakat dan Generasi Muda Islam (LPM-Gamis) Kab. Karo, Tuah Aman mengakui hal tersebut. Menurutnya, tindakan warga yang melampiaskan kekesalannya dengan aksi tersebut tidak juga serta-merta dapat disalahkan. “Saya setiap melintasi tempat tersebut mencium bau yang menyengat, karena kebetulan berdekatan dengan sekretariat kita. Wajar apabila warga sekitar merasa kesal,” ujar Tuah kepada Waspada, Kamis (19/4). Diungkapkan, TPS ini digunakan ribuan warga yang tinggal di Jalan Samura, Kabanjahe. Sebelumnya, di kawasan ini ada tiga TPS. Namun, karena sampah tidak kunjung diangkut oleh dinas terkait, pemilik lahan yang berada persis di depan dua TPS lainnya memilih menutup lokasi pembuangan sampah tersebut. (cal/a36)

Waspada/Abdullah Lathif Manjorang

PENGENDARA mobil menepi saat melewati tumpukan sampah yang berserak di badan jalan.

Rileks

A4 Banyolan

WASPADA Minggu 22 April 2012

TTS BERHADIAH 07.00 Larva 07.30 Crayon Sinchan 08.00 Doraemon 08.30 DAHSYAT 11.00 Infotainment Intens 12:00 Seputar Indonesia Siang 12.30 Lembaran Kasih 13.00 Indonesia Idol 15.00 Tom & Jerry 16.00 Seputar Indonesia 16.30 The Biggest Game Show 18.00 Mega Sinetron : Yusra Dan Yumna 19.15 Karunia 22.30 Box Office Movie 00.30 Seputar Indonesia Malam

Sepasang Pemuda Dan Pemudi Lagi Pacaran Cewek: “Say, seberapa besar cintamu padaku?” Cowok: “Tentu saja sangat besar sekali sayang...” Cewek: “Kalau diumpamain, seperti apa?” Cowok: “Saking dekatnya kita, ibarat aku adalah handphone dan kamu simcardnya.” Cewek: “Makasih, Sayang...” Cowok: (dalam hati) “Untung dia tidak tahu kalau aku ini handphone China, dengan tiga kartu...”

Ujian Ulangan Tidak Boleh Gagal Papanya Danang berbicara kepada Danang, Papa : “Nang, kalau ulangan kali ini kamu gagal.. jangan kenal papa lagi!!!” Beberapa hari kemudian... Papa : “Nang, gimana hasil ulangan kamu?” Danang : “Maaf... anda siapa ya?”

dengan kecepatan 180 km/jam melintasi jalan raya di tengah kota. Ketika ia melihat di depannya ada perempatan dan lampu pengatur Lalu Lintas-nya menunjukkan warna kuning, ia pun menambah gasnya, hingga pada waktu lampu merah menyala, ia terus melaju. Akibatnya, petugas polisi lalu lintas mengejar pemuda itu. Tak beberapa lama kemudian, tertangkaplah pemuda itu oleh polisi. “Selamat siang, mas! ” kata polisi tersebut. “Selamat siang, Pak!” jawab si pemuda. “Mengapa anda tidak berhenti ketika lampu merah tadi menyala? Anda tidak tahu, apa artinya merah?” tanya sang polisi. “Berani, Pak!!!” jawab si pemuda.

Jenis-jenis KB

Anjing Main Catur Seorang pria mengunjungi seorang teman dan takjub melihat dia bermain catur dengan anjingnya. Dia menyaksikan pertandingan itu dengan takjub untuk sementara waktu. “Saya hampir tak percaya dengan mata saya!” seru dia,”Itu anjing terpintar yang pernah saya lihat.” “Nah, dia tidak begitu pintar,” jawab teman, “Aku telah mengalahkan dia tiga kali dari lima permainan.”

Humor lucu Burung Beo yang Hilang

Cincin Kawin

Seorang pria menerima panggilan telepon, dan si penelepon bertanya apakah ia telah kehilangan burung beo. Pria itu berkata bahwa ia memang kehilangan burung, tetapi ingin tahu bagaimana si penelepon menemukannya. Penelepon mengatakan bahwa burung itu telah mendarat di balkon rumahnya dan terus berkicau, “Hai, Anda telah menghubungi 5551234. Aku tidak bisa mengangkat telepon sekarang, silakan tinggalkan pesan setelah nada berikut...”.

Lampu merah !!! Seorang pengendara sepeda motor melaju

Aditya sedang nembak cewek untuk diajak menikah saat itu : Aditya : Ajeng, sudikah kau menikah denganku..? Ajeng : Sorry, aku sudah ada yang punya. Aditya : Boleh aku tahu siapa namanya…? Ajeng : Tidak boleh, nanti kamu bertengkar dengannya. Aditya : Siapa yang mau bertengkar, ih ge-er kamu.? Ajeng : Lalu kamu mau apa berkenalan dengannya ? Aditya : Aku cuma mau jual cincin kawin yang kubeli untukmu. Ajeng :…???

Gunakan angka 0 sampai 9 ditambah dua abjad -- A dan B -- untuk mengisi kotak-kotak kosong. Tidak boleh ada pengulangan angka dan huruf pada lajur mendatar dan menurun, serta di dalam kotak 4x3 bergaris tebal. Tingkat kesulitan: sedang (***). Tersedia hadiah Rp50.000,- untuk seorang pemenang. Antar kupon yang sudah terisi angka yang anda yakini benar ke kantor Waspada Jl. Brigjen Katamso 1 Medan paling lambat Jumat. Peserta dari luar kota bisa mengirimnya melalui faksimile ke (061) 4510025. Jawaban dan pemenangnya dimuat pada edisi Minggu (29/4). ------------------------------------------------------ potong di sini --------------------------------------------------------

S U DO K U P L US

8 7

B A

7 2 5 3 8 6 B 5 1 9 3 7 2 7 9 B A 8

9 0 A

3

1 B 7 8 6 A 3 6 A 2 4 5 9

0 1 2

4 A 7 0 6 1 9 A 2 B 2 3 6 B 8 0 1 5

3 6

0 1

***56

Nama

:

Alamat

:

07:30 Pororo The Little Penguin (Season 3) 08:00 Pororo The Little Penguin (Season 3) 08:30 Dino Babies 09:00 Klinik Secret Herbal Extract (Live) 09:30 Animal Mechanicals 10:00 Motomaxx 10:30 Properties In Harmony 11:30 Topik Siang (Live) 12:00 Klik ! Weekend 13:00 National Basketball League 2011-2012 14:30 Most Incredible Moments 15:00 Indonesia Super League 2011-2012 17:30 Topik Petang (Live) 18:00 Indonesia Super League 2011-2012 22:00 Sinema Aksi : Sanctuary 00:00 Dr.Brady Barr 00:30 Topik Malam (Live) 01:00 Dr.Brady Barr

1. Kalau 5 tahun kawin, langsung punya 4 anak, itu berarti KB = KUMPUL BOCAH. 2. Kalau 5 tahun kawin, anak cuma satu, itu berarti KB = KURANG BERGAIRAH. 3. Kalau sudah 5 tahun kawin, belum punya anak, itu berarti, KB = KURANG BISA. 4. Kalau 5 tahun pacaran belum juga kawin, itu berarti, KB = KAGAK BERANI. 5. Kalo kagak pacaran tapi punya anak, itu berarti KB = Ketelanjuran Bunting 6. Kalo kagak punya pacar dan anak, itu berarti KB = Kayaknya Bencong deh

....................................................... ....................................................... .......................................................

No. KTP/SIM : ................. ---------------------------------------------- potong di sini ---------------------------------------------

Nama: .................................................. Alamat: ................................................ No. KTP/SIM/Kartu Pelajar: ..............................

gunting di sini TTS Berhadiah Jawab dan gunting TTS Berhadiah di atas kemudian kirimkan ke PT Harian Waspada Jalan Brigjen Katamso No.1 Medan/Jalan Letjend Suprapto No.1 Medan. Tulis nama dan alamat lengkap serta nomor pengenal. Jawaban paling lambat diterima Jumat 27 April 2012, pukul 16:00. Bagi pengirim yang dapat menjawab semua pertanyaan dengan tepat dan benar akan diberi hadiah berupa uang tunai sebesar Rp50.000,-untuk satu orang pemenang. Semua jawaban yang benar akan diundi. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada Minggu 29 April 2012 beserta jawaban yang benar di halaman yang sama. Hadiah dapat diambil di kantor Harian Waspada bagian Sekretaris Redaksi (jam kerja), setelah tiga hari pengumuman pemenang diterbitkan. MENDATAR

MENURUN

1. Putra raja 5. Mata uang negara Belanda 10. Nama arah mata angin, oleh budaya Barat dianggap sebagai arah utama 11. Bangsa di Afrika Utara 12. Lunak, tidak keras 13. National Basketball Association 14. Aksi Cepat Tanggap 15. Memanaskan diri dekat api 18. Huruf ke-25 abjad Arab 20. Kandang kuda 23. Guncangan yang berasal dari bumi 26. Nama suku di Arab penduduk Yatsrib Madinah 28. Lezat, enak 31. Belajar tambahan di luar sekolah 32. Tipis 33. Dokumen tertulis yang disimpan di tempat khusus untuk referensi 34. Kata tunjuk menyatakan dekat 35. Berasa ingin makan 36. Ibukota negara Pantai Gading 37. Bentuk pemerintahan dipimpin oleh Presiden

1. Mata uang negara Irlandia 2. Berdagang 3. Burung pemangsa ayam 4. Ibukota negara Yordania 6. Uang atau emas yang wajib dibayarkan oleh negara kecil kepada raja negara berkuasa 7. Berhasil; mampu, bisa 8. Jahil 9. Negara beribukota Teheran 16. Gagasan 17. Nomor Induk Pegawai 19. Universitas Sumatera Utara 21. Grup Band yang menyanyikan lagu Jomblowati 22. Tersedia 23. Negara di Afrika Barat yang beribukota Akra 24. Tidak boleh tidak; harus 25. Sebuah partikel, yaitu inti atom helium bernomor atom 2 dan bernomor massa 4. 26. Rasa garam 27. Negara beribukota Kinshasa di wilayah Afrika 28. Pantulan cahaya yang mengenai mata, sehingga tidak dapat melihat 29. Daerah Pemilihan (singkat) 30. Unsur kimia berlambang Ag dan nomor atom

Pemenang TTS Berhadia Minggu Lalu

Pemenang Sudoku Berhadia Minggu Lalu Samuel Sakti S Sidorame Timur, Medan Perjuangan

1 4 3 7 5 9 8

8 0 9 3 6 A 7 0 2 B 7 A 2 3 B A B 4 0 8 1 6 4 5 9 6 5 2 1

3 4 5 1 3 7 B 2 1 9 B A A 4 0 9 2 1 3 B 5 7 B 6 8 0 6 4 7 5 8 9 6 8 0 3 2 B A 9 6 0 7 8 A 2 7 5 4 1

6 2 A 5 8 0 4 3 1 9

A B

9 6 4 7 8 1 2 0 5 3

06.30 Apa Kabar Indonesia 09.00 Sarapan Pagi 09.30 Tinju Legendaris 10.30 Soccer One 11.00 Prediksi 12.00 Live News Kabar Siang 13.00 Damai Indonesiaku 15.00 Motocross 2011 16.30 Sport File 17.00 Live News Kabar Petang 19.00 Apa KAbar Indonesia Malam 20.00 Indonesia Lawyers Club 22.00 Live News Kabar Malam 23.00 Documentary One

H. Rahim Nst, Jln. Eka Bakhti, Medan Johor

JAWABAN SUDOKUMINGGU LALU 0 2 B A 7 8 8 0 3 B 6 4 A 9 1 5 4 6 2 1 5 7 9 3

06:30 Ultraman Mebius 07:00 Ben 10 Ultimate Alien 1 07:30 Bakugan Battle Brawlers Gundalian Invanders 08:00 Pokemon D&P part 2 08:30 Metal Fight Beyblade Bakugan 09:00 Dragon Ball Z Kai 09:30 Zona Kartun Pagi 11:30 Highlight Liga Seri A 12:00 Iron Cheff Kids 14:00 Bedah Warung 15:00 KISS Sore 16:00 Fokus Sore 16:30 FTV Sore: Ande-Ande Lumut 18:00 Sinetron Unggulan: Tutur Tinular 20:00 Galaxy Superstar 21:00 Sinema TV 23:00 Mega Asia Weekend

8 0 6 2 5 3 9

A

7 4 B 1

JAWABAN TTS MINGGU LALU 06:00 Spongebob Squarepants 08:00 Penguin Of Madagascar 08:30 Fairly Odd Parents 09:00 Mong 09:30 Gazoon 10:00 Tinkerbell 12:00 Awas Ada Sule 2 13:00 Gadis Petualang 13:30 Teenlicious 14:00 Criss Angel ‘Mind Freak’ 15:00 Bola Dalam Berita 15:30 Berita Global 16:00 100% Ampuh 17:30 Fokus Selebriti 18:00 Spongebob Squarepants 19:00 Big Movies 21:00 Big Movies 22:30 Barclays Premier League

07.00 Inbox 09:00 Hot Shot 10:00 SCTV FTV Pagi 12:00 SL Liputan 6 Siang 12:30 Usaha Anda 12.34 SCTV FTV Siang 14.30 Status Selebriti 15.00 Hip Hip Hura 16.00 Liputan 6 Petang 17.30 FTV Anak Istimewa Abrakanizam 19.30 SCTV SInetron : Putih Abu-abu 20.00 Liputan 6 Terkini 20.30 Cinta Salsabilla 21.30 SCTV Musik 22.30 Liputan 6 Terkini 22.33 SCTV Musik

07.00 Disney Club 07.30 Kisah Unggulan 09:00 Grebek Nusantara 10.30 Mata Pancing 11.00 Pelesir 11:30 Sidik Kasus 12:00 Layar KEmilau 15.30 Inspirasi Sore 16.00 Animasi Spesial 18.00 Animasi Spesial Shaun The Sheep 19.00 Fathiyah 20.00 Tendangan SI Madun 21.00 MNCTV Festival Bandung 01.30 Lintas Malam

07.05 Jalan Jalan Asyik 08.05 Menu And Venue 08.30 Agung Sedayu 09.30 Agung Sedayu 10.05 Dulux Inspire 11.05 Sudut Pandang Woman On Top 12.00 Pas 13.30 Muslim di Xin Jiang 14.30 Lestari 15.30 Kick Andy 16.05 Kick Andy 17.05 Metro Hari Ini 18.30 Metro This Week 19.05 Mario Teguh 20.05 Just Alvin! 21.05 Love Me As I Am 22.05 Musik + 23.00 Headline News 23.05 Destroyed in Seconds 23.30 Metro Sports

07:00 07:30 08:00 08:30 09:00 10:00 11:00 12:00 12:30 13:00 14:30 15:00 16:00 16:30 17:00 17:30 18:30 19:00 20:00 21:00 23:00 01:00

Bosan Jadi Pegawai Nature’s Life Jelajah Celebrity On Vacation Ceriwis Pagi Manis Ala Chef Insert Griya Unik Ngulik Online Sepenggal Sejarah Sholawat Untuk Negeri Harmoni Alam Inside Reportase Sore Jika Aku Menjadi Nilai Kehidupan Termehek Mehek Super Trap Sesuatu Di Bulan Februari Bioskop TransTV Bioskop TransTV

TRANS 7 07:30 RnB 08:00 Let’s Go 08:30 Jalan-Jalan Selebrit 09:00 Makan Besar 09:30 Bintang Lima 10:00 Wara Wiri 10:30 Pas Mantab 11:30 Redaksi Siang Akhir 12:00 Selebrita On The Wee 12:30 Si Bolang Jalan-jalan. 13:00 Buku Harian Si Unyil 13:30 Galeri Sepak Bola In 14:00 One Stop Football 15:00 Pendekar 15:30 Paradiso 16:00 Mancing Mania 16:30 Redaksi Sore 17:00 Orang Pinggiran 17:30 Neo Gara-Gara Magic 18:00 Raja Gombal 19:00 Gatsby Dance Competi 20:00 Hitam Putih 21:00 Pas Mantab 22:30 Mister Tukul 23:30 (Masih) Dunia Lain 00:30 Wisata Malam 01:00 Sang Ahli **m31/G

Medan Metropolitan

WASPADA Minggu 22 April 2012

A5

Kalau Terlanjur Berbuat Salah Segeralah Bertaubat MEDAN (Waspada): Kakanwil Kementerian Agama Sumut Drs. H. Abdul Rahim, M.Hum berharap kepada para narapidana yang terlanjur berbuat salah segeralah bertaubat dan kembalilah kejalan yang benar atau taubatannasuha. “Jadi proses yang sedang kita

alami saat ini anggap seba-gai proses pembelajaran menu-ju pendewasaan diri secara paripurna,” kata Abdul Rahim kepada ratusan Napi di Masjid Al-Taubah LP Tg. Gusta, Jumat (20/4). Kedatangan Kakanwil Kementerian Agama Sumut dan rombongan ke LP Tg. Gusta me-

Berkas Marini Sudah Di PN MEDAN (Waspada) : Berkas Marini, 22, guru penabrak siswa/ i Perguruan Bodhicita sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Medan, Jaksanya Lila Nasution, SH dan Antonius Simamora, SH. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Medan Riki Septa Tarigan kepada wartawan di Kejari Medan, kemarin.“Iya benar, berkas marini sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Medan dan Jaksanya Lila Nasution dan Antonius Simamora,” ucap Riki. Dijelaskan Riki, dalam pelimpahan berkas ini Jaksa Penuntut Umum mendakwa tersangka Marini pasal 310 Undang-Undang Lalulintas. “Dalam dakwaannya, jaksa mendakwa tersangka Marini dengan pasal 310 Undang-Undang Lalulintas,” tuturnya kembali. Terpisah, Humas Pengadilan Negeri Medan, Ahmad Guntur membenarkanberkastersangkaMarinitelahdilimpahkankePengadilan Negeri Medan. “Iya benar, berkas Marini sudah sampai di Pengadilan. Ketua Majelisnya adalah Wahidin SH MH, rencananya hari ini sidang perdananya, tapi kayaknya Jaksa belum menghadirkan tersangkanya,”ucap Humas PN, Ahmad Guntur SH MH diruang kerjanya. Status tersangka Marini ditetapkan Kejari Medan sebagai tahanan kota karena pada saat pelimpahan berkas tahap dua, tersangka Marini mengalami depresi yang dikuatkan dengan diagnosa psikolog. (m38)

Mahasiswa STMIK Potensi Utama Rakit Robot Dan Roket

rupakankunjungansilaturra-him dan pembinaan kepada warga Lembaga Pemasyaraka-tan Kelas I Medan diterima Kala-pas Tg. Gusta Ayub Sutarman, BCIP, SH, MSi serta pejabat teras Lapas. “Mari kita jadikan proses pembelajaran ini sebagai satu ikhtibar atau pembelajaran dalam rangka menuju Islam yang rahmatanlil’alamin.Berjanjiuntuk tidakberbuatsalahlagi,biarlahyang lalu berlalu, lupakan saja semua, tapi kita ingin meraih husnul khatimah,” jelasnya. Dalam proses perjalanan hidup lanjutnya, kadang-kadang tidak berjalan mulus sesuai dengan harapan. “Perlu pedoman dan pegangan hidup yaitu agama. Jika terjadi hal-hal yang kurang baik, kembalilah kepada agama,” terang Abdul Rahim. Jangan ikuti jalan pintas yang salah, karena jalan pintas ini membuat kita celaka. Jadi perlu diamalkan sifat sabar. Kemudian dalam memperoleh rezeki, juga tidak selalu berjalan mulus karenanya perlu hidup qona’ah dan kerja keras. Kemudian lanjutnya, jika ada hal yang kurang baik, ja-nganlah bertindak main hakim sendiri. Ada prosedur, negara kita negara hukum. (m39)

BPP Pemprovsu Juara 1 Kategori Paviliun SKPD Di PRSU MEDAN (Waspada): Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Pemprovsu meraih juara pertama untuk kategori paviliun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pekan Raya Sumatera Utara ke-41 berlangsung 16 Maret-15 April 2012. Penyerahan tropi juara berikut sertifikat diberikan Sekdaprovsu, H Nurdin Lubis kepada Kepala BPP Pemprovsu, Ir H Alwin MSi pada acara penutupan PRSU, Minggu (15/4) malam. Kepala BPP Pemprovsu, Ir H Alwin MSi, di kantor BPP Pemprovsu kemarin mengatakan, keberhasilan tersebut karena stand BPP Pemprovsu memamerkan dan memperkenalkan alat peraga Iptek kepada masyarakat.

1 CM 2 CM

Rp. 12.000 Rp. 24.000

Sehingga, lanjut Alwin, stand BPP Pemprovsu selalu ramai dikunjungi masyarakat. Hal itu menunjukkantingginyaminatdan animomasyarakatme-nyaksikan alat peraga Iptek yang menjadi koleksi BPP Pemprovsu. Alat peraga Iptek tersebut berupa Angklung Digital, Harpa tanpa Dawai,Vandegraf, alat Uji Konsentrasi, alat tebak Tanggal Lahir dan Jembatan Lengkung. “Alat-alat peraga Iptek tersebut diharapkanbisamenjadiwa-hana untuk menumbuhkan kecintaan, kreativitas dan inovasi masyarakat Sumatera Utara,” ujar Alwin. Menurutnya, salah satu upaya agar masyarakat Sumatera Utara mengenal Iptek ialah menyediakan wahana sumber belajar Iptek yang didalamnya

3 CM Rp. 36.000 4 CM Rp. 48.000

BURSA

5 CM 6 CM

LOWONGAN YAYASAN SINAR BUNDA

Lowongan kerja, Dibutuhkan wanita tamatan SD, SMP, SMA, Akper, Akbid utk dididik diperkajakan sbb: Baby Sitter, P. Jompo, K. Asuh, Honor 900 Rb s/d 1,6 Jt. Hub: Yayasan Sinar Bunda, Jl. Ngumban Surbakti No. 23 Simp. Pos Pd. Bulan Medan HP. 0821.6064.4428

7 CM 8 CM

Rp. 91.000 Rp. 104.000

“PROMO DAIHATSU MURAH”

Gran Max DP 6 Jt-an..............Angs. 2 Jt-an Xenia DP 20 Jt-an...................Angs. 3 Jt-an Terios DP 20 Jt-an....................Angs. 4 Jt-an Proses Cepat & Mudah, Data dijemput. Hub. SYARIF 0813 9777 3486

JEEP WILLYS THN. 81

(The Legend Jeep) Original, VR, AC, VCD, Siap pakai. Harga 60Jt/0813 7675 1553 MITSUBISHI 100% BARU - T120SS PU DP 14 Jt-an, Angs. 2,6 Jt-an - L300 PU DP 24 Jt-an, Ang. 3,8Jt-an - Colt Diesel Hub. 0813 9799 0818

ISUZU Panther Grand Deluxe Long 95. Biru metalik, siap pakai, P. Steering, P. Window, jok, Alarm, body kaleng2, sehat, Tape CD, jok baru, BK Medan, Harga 62Jt/ Nego. Lihat dulu baru tawar. Hub. 0812 6568818 / 77305875

Sejak 1979

TOYOTA Great 93, Sehat. BR, AC, TR/CD. 0812 64504394 - 0856 6302452

BT/ BS MEDICA

TOYOTA Kijang Super Thn ‘90/91 W. Hijau Met, Pajak Hidup, Bln 1 lampu depan udah Grand, Cat mulus, AC, Tape, Velg Racing Jok & Interior Ok, Mesin sehat, Ban baru Hrg 43 Jt/nego Hub. 0852.7512.2223

Kualitas,Keunggulan,KepastianMasa Depan Berpengalaman Lebih dari 32 Tahun Agar LULUS ke PTN Ikuti......

PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR INTENSIVE 2012 Start Belajar: Senin, 23 April 2012

BURSA

AUTOMOTIVE Informasi Pembaca

Bursa Automotive

PENDAFTARAN SUDAH DIBUKA !!!

A C : Air Condition B R : Ban Radial C L : Central Lock N D : Nippon Denso D B : Double Blower

Atau hubungi/ SMS ke: - Ir. Tagor Silalahi (0812.649.3252) - Nurliathy Haloho, S.P (0852.9636.0959) - Berdaulat Bakara, S.S (0853.6261.2687)

BIG PROMO!!! FREED *HONDA Bunga Ringan s/d 5 thn + Hadiah + Cash Back Segera All New City, Civic, Brio JAZZ ** Pesan Terima Tukar Tambah Semua Merk !! CR-V 081.370.999998 / 061.77 388 133

* Boleh boking tempat terlebih dahulu untuk menentukan group belajar, nomor bangku, dan lokasi belajar

- Jazz tipe S Hrg. 181Jt/Nego - Terima Index Brio, All New CRV - Free GPS + Rear Camera + TV” - Ready Stock CRV, Freed, Jazz HP. 0853 5888 6241

DAFTARKAN SEGERA KE SALAH SATU LOKASI BELAJAR BT/ BS MEDICA

E-mail BT/ BS Medica: kampus107@yahoo.com website BT/BS Medica: www.btbsmedica.ac.id

BARU

P S : Power Stearing P W : Power Window R T : Radio Tape V R : Velg Racing E W : Electric Window

CRV Thn. 2008 Dijual. Tipe 2000, warna abuabu mulus, siap pakai. BK Panjang. Hubungi: HP. 0852 61210735

Mantan Kadisperindag Medan Dianiaya Mantan Menantu MEDAN (Waspada): Mantan Kadisperindag Kota Medan, Dra Hj T Syarifah Salmi, 63, warga Jalan T Amir Hamzah Komplek Griya Riatur Indah Blok F No. 96 Medan dianiaya mantan menantunya berinisial RAF, 29, wargaJalanSaktiLubisGangEmas No 33, Jumat (20/4) sekira pukul 15.00. Merasamendapatperla-kuan kasar dari menantu, kor-ban membuat laporan ke Pol-resta Medan dengan bukti la-poran No Pol: LP/1056/IV/2012/SU/ Resta Medan, ter-tanggal Jumat 20 April 2012. Di Polresta Medan, korbanpun diarahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pir-

ngadi Medan guna dilakukan visum dengan membawa surat permintaan visum No. Pol : B / 177/IV/2012/Resta Medan yang ditandatangani Kanit Sen-tra Pelayanan Kepolisian Ter-padu (SPKT), Ipda E Sitorus. Akibat penganiayaan tersebut, Syarifah Salmi mengalami sakit pada dadanya dan sesak sampai ke punggung belakang, napas sesak, tangan luka dan kepala pusing. Menurut informasi yang diterima, motif pemukulan ini dikarenakan Reza mantan menantu korban ingin mengambil kedua anaknya (cucu korban). Karena itu, korban mencoba mempertahankan kedua cucunya yang menyebabkan korban mengalami penganiayaan berupa pukulan. “Sayadipukul,akibatnyasaya

merasa mual dan pusing dan badan pegal-pegal,” kata korban ketika ditemui di Ruang Anggrek I Kamar V RSUD dr Pirngadi Medan, Sabtu (21/4). Pemukulan ini terjadi dikarenakan perebutan hak asuh. Sebab, Anaknya Salvida Fitri, 29, resmi bercerai seminggu lalu. Sebelumnya, hubungan rumahtangga keduanya sudah mulai goyang setahun lalu dan baru diputuskan bercerai seminggu lalu. Pada putusan hakim Pengadilan Agama (PA), status hak asuh anak jatuh kepada Fitri. Korban sendiri dikeroyok secara beramai-ramai dan membawa paksa salah satu cucunya dari kantor Psikolog Humanika Jalan Dr Mansyur Medan. (h02)

WASPADA

Rp. 65.000 Rp. 78.000

BURSA

PENDIDIKAN

pengunjung dapat merasakan mudahnya belajar memahami berbagaikonsepdanprinsipIptek seperti membuktikan hu-kumhukum fisika, kimia dan biologi sehingga berminat mengaplikasikan Science ke dalam kehidupan sehari-hari. ”Sayangnya hingga saat ini fasilitas tersebut belum tersedia di Sumatera Utara. Padahal Provinsi Sumatera Utara memiliki tantangan berat untuk mengimplementasikan MP3EI demi terwujudnya percepatan pembangunan ekonomi yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, implementasi MP3EI salah satu-nya mensyaratkan dukungan masyarakat yang cerdas, kreatif, inovatif, serta sadar Iptek,” ungkapnya. (m39)

Waspada/Hamdani

MEMBANDAL : Sejumlah warga nekad menyeberang jalan melintasi kawasan Tol yang mengarah ke daerah Amplas dan Belawan Medan, Selasa (17/4). Meski berbahaya bagi keselamatan, masyarakat tetap membandal dan tak menghiraukan larangan pemerintah untuk tidak melintasi kawasan Tol bagi pejalan kaki.

MOBIL DICARI OVER KREDIT APV/Fortuner/ Innova/Avanza Cash Pun ok ! Hub. 0821 6767 7000

(H. Saiful)

BURSA

PROPERTY

Informasi Pembaca Bursa Property

G R : Garasi LB : Luas Bangunan KM : Kamar Mandi LT : Luas Tanah KP : Kamar Pembantu RM : Ruang Makan KT : Kamar Tidur RT : Ruang Tamu SHM: Sertifikat Hak Milik

DIJUAL CEPAT

Rumah Tempat Tinggal 2 Tingkat di bawah lebar 10m- 5m - pintu toko (Kaca), 5m pintu biasa, Ada garasi mobil Hub. 0813.6132.8980, TP

MEDAN (Waspada): Mahasiswa STMIK Potensi Utama kembali merakit robot dan roket baru untuk persiapan mengikuti Kontes Robot Tingkat Regional dan Kompetisi Muatan Roket Indonesia, Mei dan Juni 2012. Hal itu dijelaskan Kabag Humas STMIK Potensi Utama Asbon Hendra, S.Kom didampingi Pembimbing Robot Iwan Fitrianto. R, M.Kom di kampusnya Jl. Yos Sudarso Medan, kemarin. Menurut Asbon, dari tahun ke tahun potensi mahasiswa yang berhasil menciptakan robot dan roket semakin bertambah . “Hal ini tidak terlepas dari pembinaan yang kita lakukan dalam Potensi Utama Robotic Club (PURC) yang sudah ada sejak tahun 2007. Begitu juga dengan pihak yayasan yang selalu mendukung setiap mahasiswa yang ingin melakukan uji coba dan pembuatan robot serta roket,” katanya. Kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 1 seluruh Sumatera 2012 diikuti mahasiswa STMIK Potensi Utama diadakan di Aula STMIK Potensi Utama 4 – 6 Mei 2012, sedangkan untuk Kompetisi Muatan Roket Indonesia tingkat nasional 7 – 10 Juni di Pantai Congot, Yogyakarta. Iwan Fitrianto.R, M.Kom, pembimbing dan perakit robot mengatakan, untuk pembuatan robot waktu tercepat paling 3 bulan dan 6 bulan. “Untuk pengadaan alat dan barang-barang yang dibutuhkan kita beli dari luar daerah seperti Surabaya, Bandung. Tapi jika alatalat itu tidak ada di Indonesia, kita pesan dari Singapura dan Amerika seperti alat sensor keseimbangan, Serpo (motor penggerak berbasis digital) dan lain-lain,” katanya. Disinggung mengenai kesulitan dalam pembuatan robot, Iwan mengatakan, mendesain dan membuat waktu tercepat. Karena kalau tidak harus kita ulang lagi.(m14)

9 CM Rp. 126.000 10 CM Rp. 140.000

11 CM Rp. 165.000 12 CM Rp. 180.000

RUMAH DIJUAL

- Rumah Gandeng 59 Jt di Jl. Seksama Ujung Gg. Rahmat dekat Menteng Uk. ±5x10mtr (setengah batu), Surat: SK Camat/ Butuh uang - Disewakan usaha pangkas (Lengkap dgn peralatan), Hanya 1 Jt/ bln, Ruko, halaman luas, Pinggir Jl. Seksama (sewa min per tahun) Hub. 0853.7077.7707 / W.F. Pohan

DIJUAL CEPAT

1 unit Rumah 3 Lantai Lengkap dgn Perabotan dan Peralatan Elektronik di didalam, Utk Tanah 4x16m, Sertifikat Hak Milik, alamat The Piazza Residence No. B-11 Jl. Gaperta Medan

IKLAN KHUSUS 6x1,5 kolom Rp. 120.000

BURSA BUTUH DANA BUTUH DANA Jaminan Apa Saja. Sertifikat Tanah Mobil & Sp. Motor. Segala tahun. Hub. 061.8222 774 HP. 0853.6199.1500-0816 314 1807

BURSA

ALAT MUSIK DIJUAL 2nd, Power Sound Standard CA-18. M7200, M3600, L4.8, L2.8 Sub 18 Vega. BMB 55, 1, 2, 11, J7, Ransa 8W, Yamaha 1000 W. Crown. Terima Visa 0% Jl. Indragiri 25. 061-7345487

Hub HP. (061) 7788.1232/ 0819.2770.2911 TANAH

TANAH DIJUAL

Luas 700m, SK Camat, 150 Jt, Bs nego, 8x15m, SK Notaris, 40 Jt, Bs nego Jl. Balai Desa Psr. XII depan Brigip 7 Sp. Amplas HP. 0853.7139.9377 Mas Puput

Pelanggan Yang Terhormat HA TI-HA TI terhadap penipuan yang mengatas HATI-HA TI-HATI namakan PT. Harian WASPADA, kami dari PT. Harian WASPADA tidak pernah mengirim sms untuk TI-HA TI apabila membeli produk anda, dan HA HATI-HA TI-HATI anda ingin melakukan transaksi jual beli melalui transfer. Segala akibat yang terjadi diluar tanggujawab PT. Harian WASPADA.

Apabila anda mencurigai sesuatu, silahkan hubungi kami di 061-4576602

Terimakasih

Waspada/Ist

DUA mahasiswa STMIK Potensi Utama sedang merakit robot dan roket untuk mengikuti Kontes Robot Tingkat Regional dan Kompetisi Muatan Roket Indonesia, Mei dan Juni 2012.

FAX.4561347 HARGA BELUM TERMASUK PPN 10%

Khusus Medan Deli, Marelan, Labuhan, Belawan Hub. 0812 6390 660 Iklan Anda Dijemput

BURSA BIRO JODOH

BURSA

KESEHATAN

PRIA, MAPAN S1

KUSUK & LULUR TERAPY MBAK ALIN

Gtg, Wiraswasta, 44 thn, Cari wanita usia 25-45 thn, Ctk, Kerja/ Wiraswasta, Mapan, Baik-Baik T: 0812.6988.5961

BERSEDIA DIPANGGIL HUB. 0813.7739.9508

KHUSUK DAN LULUR NIATI

BURSA

HILANG/TERCECER

TERIMA PANGGILAN 0812.2822.4745/ 061-75053711

HILANG

Surat Pernyataan Melepaskan Hak Atas Tanah Nomor 593.83/2.118/2006, A/n. Stfanus Gulo yg terletak di Dusun II Desa Tanjung Gusta Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang, Luas ±148,5m²

MEDICAL CHECK-UP Hati, Ginjal, Kolesterol, Glukosa, Asam Urat, dll. Check-Up 4 Orang, Gratis 1 Orang Persiapan : Puasa 10 - 12 Jam Laboratorium Klinik Medilab

TELAH HILANG

Akta Pelepasan Hak dan Ganti Rugi No. 197/3/APH - GR/ML/ 1982. a/n. Ny. Siti Armah Kabil di sekitar Jl. Kol. Sugiono Kel. Aur, Kel. M. Maimun.

Jl. Jamin Ginting No. 194 Medan, Telp. 8361040

Laboratorium Klinik 24 Jam Alat Otomatis Hasil Cepat, Teliti dan Tepat MEDILAB Mitra Kesehatan Keluarga

TELAH HILANG

Surat Pernyataan Melepaskan Hak Atas Tanah No. 593/83/ 906/VII/SPMHAT/MM/1998 a/n. Helmi disekitar Jl. Kol. Sugiono Kel. Aur. Kel. M. Maimun TELAH HILANG

Surat Pernyataan Melepaskan Hak atas tanah dengan Ganti Rugi No. 893/83/0691/SPMTGR/ MM/V/2004. a/n. Hendra Budiman disekitar Jl. Kol. Sugiono. Kel. Aur. Kec. M. Maimun.

TELAH HILANG

SHM No. 589/Desa Lalang, a/n. Dokter Hotma Partogi P. Pasaribu disekitar Komp. Bumi Asri Blok C No. 141 Kel. Cinta Damai Kel. Medan Helvetia.

MINI & EFEKTIF IKLANKAN PRODUK ANDA

KLINIK TERAPY ALAT VITAL MAK EROT YANG TERUJI DAN TERBUKTI

Dengan H. TEJA SAEFUL Cucu Asli Mak Erot Bersama

A. Ust OTONG

Izin Dinkes No. 448 Hak Paten No. 00.2004.09965.10041 KHUSUS PRIA: - Ejakulasi dini - Impotensi - Memperbesar “Alvit” - Memperpanjang “Alvit” - Keras dan tahan lama dll KHUSUS WANITA: - Ingin punya keturunan - Memperkencang & memperbesar payudara - Mengobati keputihan dll KONSULTASI UMUM: - Buka Aura - Cari Jodoh - Sesama jenis - Pelaris - Memikat lawan jenis - Besar PYDR

DIJAMIN 100%

Hanya Tempat Kami Klinik Mak Erot Jl. Laksana No. 55J masuk dari Jl. Amaliun Yuki Simpang Raya Medan (Praktek Tetap) HP .0812.4038.333

OLOT KLINIK AHLI ALAT VITAL

DARI CISOLOK PELABUHAN RATU JAWA BARAT DITANGANI OLEH:

MAK OLOT, BPK. KOSIM, S.Ag, UST. ZAELANI

33 Tahun pengobatan ini berkiprah kini buka Praktek Menetap di Kota Medan, Bebas pantangan tidak ada efek samping untuk semua RAS dan Agama Khusus Pria: Khusus Wanita: - Tambah Ukuran - Ingin punya keturunan - Panjang 13, 14, 15, 17, 18, 20, 21 cm - Perbesar payudara - Besar 3, 4, 5, 6 cm - Vagina seperti perawan kembali - Tahan lama, mani encer hasil bisa di cek ke dokter - Lemah syahwat, impotensi - Mati Rasa, infeksi rahim, senggugut Konsultasi Umum: Menghadirkan pewaris, ilmu sapu masalah, R. tangga, Jodoh, karir bisnis, pelaris, PIL/ WIL, susuk jual tanah, buka aura Alamat Praktek: JL. SM. RAJA MESJID RAYA MEDAN, MASUK JL. AMALIUN 500 METER NO. 125 KOMAT II Izin Kejaksaan: B.18/DPS.5/01/2008,izin Dinkes: 448/347 HP: 0812.6370.0234

KLINIK TRAPI ALAT VITAL MAK HJ. ICOT Ditangani langsung

H. UST. YUSUF/ H. ABIDIN

Setelah sukses di propinsi di Papua, kini hadir di kota Medan, pengobatan nyata luar biasa, bila anda ingin perkasa, ingat jangan salah informasi disini yang pasi ±30 menit kami akan buktikan alat vital menjadi besar dan perkasa. Dengan metode pengurutan disekitar alat vital melalui totok urat-urat kejantanan. Kami tidak mengumbar janji belaka. Tdk ada efek samping, bebas utk semua agama. Bukan janji tapi bukti ditempat Penanganan khusus pria: - Memperbesar, panjang, keras, kuat dan tahan lama - Kencing manis, diabetes, L. syahwat - Ejakulasi dini/ impotensi Khusus Wanita: - Memperbesar/ kencang payudara - Ingin punya keturunan/ gurah vagina - Ingin kembali perawan/ keputihan Konsultasi umum - Ajian semar mesem/ buka aura - Penglaris/ penghasihan/ cari jodoh - Pasang susuk, karir/ jabatan DIJAMIN 100% Alamat Jl. Halat / Masuk Jl. Senam No. 19C. Belakang Makam Pahlawan HP. 0821.6655.1222

Potret

A6

WASPADA Minggu 22 April 2012

Waspada/Surya Efendi

Waspada/Surya Efendi

GEMBIRA: Tiga pelajar SMA keluar dari jendela mobil dengan ekspresi gembira usai mengikuti UN, Kamis (19/4).

BERBAHAYA: Aksi berbahaya dan melanggar lalu lintas antara pelajar yang memenuhi mobil pick up saat berkonvoi usai UN berpapasan dengan pendukung PSMS yang bergantungan dan duduk di atas kap mobil angkot melintas di Jl. S Parman Medan, Kamis (19/4).

BERLEBIHAN:

Waspada/Surya Efendi

Tidak hanya corat coret seragam, namun para pelajar merobek lambang OSIS yang menempel di baju.

Corat Coret Hingga Pelanggaran Berlalu Lintas PELAJAR SMA dan SMK baru selesai mengikuti Ujian Nasional (UN) 16-19 April 2012. Tradisi corat-coret ini sudah lama berlangsung, seiring perkembangan zaman. Dulu hanya menggunakan pulpen, tapi kini menggunakan spidol dan cat semprot berwarna warni. Konvoi keliling kota menggunakan mobil dan sepedamotor pun mewarnai hari terakhir UN ini. Memang tidak ada peraturan dan tindakan jera agar para pelajar ini tidak mencoret seragamnya. Para guru hanya bersifat memberi imbauan agar para pelajar tidak melakukan corat-coret seragam dan berkonvoi lagi. Aksi corat-coret dilakukan pelajar semuanya terjadi di luar lingkungan sekolah agar tidak terlihat guru. Kepala Sekolah SMA Perguruan Harapan Medan Sofyan Alwi mengaku sudah mengimbau siswa untuk tidak melakukan corat-coret. “Jika ada aksi coratcoret di luar, itu sudah di luar kuasa kami. Saya yakin perlahan euforia ini akan semakin berkurang setiap tahunnya,” harapnya. Kepala Sekolah SMAN 1 Medan Rebekka Girsang juga mengaku tidak dapat menahan aksi siswanya. “Kami sudah mengimbau siswa agar tidak ada aksi coret baju sejak jauh hari. Tetapi kalau tetap berlang-sung, kami tidak bisa ambil sikap. Namanya juga anakanak. Kami sudah beritahu, tetapi mereka tetap berbuat, kami mau bagaimana lagi,” tuturnya. Kepsek SMAN 5 Medan Lindawati juga

mengaku sudah memberikan imbauan dan merazia siswanya saat ujian UN terakhir kemarin untuk menghindari aksi coret seragam. “Kalau tetap berlangsung kami tidak bisa ambil sikap karena hal itu dilakukan di luar sekolah, bukan di dalam sekolah,” jelasnya. Corat-coret seragam sepertinya sah-sah saja dilakukan. Namun, hanya sebatas coretan saja. Santun, yang berarti tidak diikuti dengan kegiatan melanggar lalu lintas dan membahayakan para pelajar tersebut yakni berkonvoi menggunakan mobil yang sarat muatan, mengendarai sepeda-motor tanpa helm dan sebagainya. Anehnya, pantauan Waspada, Kamis (19/4), dari SMAN 1 Jl. Teuku Cik Ditiro, tidak satu pun polisi ada di persimpangan Jl. Jend Sudirman – Jl. Juanda - Jl. Imam Bonjol – Jl. Mongonsidi – Jl. Pattimura – Jl. Letjen Djamin Ginting – Jl. Dr Mansyur hingga Jl. Setia Budi yang dilalui para pelajar ini. Pelanggaran lalu lintas dengan berkonvoi menaiki mobil pribadi hingga di duduk dan berdiri atas kap yang sarat penumpang ini serta pengen-darai sepedamotor tanpa helm sangat berbahaya dan ada peraturan yang melarangnya. Bahkan seorang pelajar nyaris celaka karena terjatuh dari mobil pick up saat berkonvoi ria. Semoga tahun depan, seharusnya banyak pihak yang dilibatkan guna meredam aksi berbahaya ini agar tidak terulang. (m46)

CORET:

DUDUK DIBAGASI:

Waspada/Surya Efendi

Foto Kiriman Warga Kirim Foto Anda ke:

Corat coret seragam menggunakan spidol dan cat semprot berwarnawarni merupakan tradisi usai mengikuti UN.

Luapan kegembiraan pelajar usai mengikuti UN berkonvoi menggunakan mobil pribadi hingga duduk di bagian bagasi. Waspada/Surya Efendi

potretwaspada@yahoo.co.id suryawaspada17@yahoo.com

BALAIKOTA: Kendaraan melaju di ruas Jl. Balaikota dekat Lapangan Merdeka Medan, baru-baru ini. Diantara Jl. Balaikota dan Lapangan Merdeka ini terdapat pusat jajanan kuliner Merdeka Walk yang selalu ramai dikunjungi warga, terutama di malam hari.

Foto Kiriman: Sandra Maghfira Nauli Hasibuan Alamat: Jl. STM Ujung, Suka Suar 1 A Medan. TTL : Medan, 4 Februari 1996 HP: 081265854025

BELAJAR INTERNET Beberapa murid SD No.101791 Kec. Patumbak, Kab. Deliserdang bermain internet lewat Mobil Pelayanan Inter-net Kecamatan ( MPLIK ), baru-baru ini. Penggunaan internet oleh para pelajar terutama murid SD ini harus diawasi agar tidak terjadi penyalahgunaan.

Foto Kiriman: Mhd Ari Mulyawan Simatupang Email: arie_oce80@yahoo.co.id HP : 082168494400

TEMPATI KIOS BARU

Waspada/Surya Efendi

CAT SEMPROT: Corat coret menggunakan spidol dan cat semprot untuk kenang-kenangan seragam yang dipakai sewaktu sekolah.

Kios pedagang Pusat Pasar Kisaran, Kab. Asahan yang beberapa waktu lalu mengalami musibah kebakaran mulai berbenah dengan menempati kios-kios baru di Jl. Diponegoro, Jl. Listrik, Jl Sutomo.

Foto Kiriman: Adnan Warga Tanjung Tiram Kab.Batu Bara

Sport PSMS-PSM Makassar Hanya “Berbagi Telur”

A7

WASPADA Minggu

22 April 2012

MEDAN (Waspada): Tuan rumah PSMS Medan gagal memetik poin penuh setelah “berbagi telur” dengan tamunya PSM Makassar 0-0 dalam lanjutan kompetisi Indonesian Premier League (IPL) di Stadion Teladan Medan, Sabtu (21/4). Hasil imbang ini bagi pelatih PSMS Medan Fabio Lopez tidak terlalu mengecewakan baginya, mengingat lawan yang dihadapi merupakan tim yang sangat baik dan saat ini merupakan papan atas klasemen sementara IPL.

Selaku tim yang saat ini mendudukiposisipalingbawah,dapat menahanimbangPSMMakassar sudah merupakan hasil yang cukup baik, apalagi memang PSMS kali ini tidak diperkuat striker andalannya Julio Alcorse.

Ketidakhadiran pemain asal Argentina itu, sangat berpengaruh bagi tim terutama dibarisan tengah.Nicko Susanto yang diharapkan dapat menggantikan perannya juga tidak bermain maksimal. Menurutnya, timnya sudah bermain dengan maksimal, dan jika dilihat dari statistik permainan selama jalannya pertandingan, sedikitnya PSMS memiliki empat peluang yang dapat mencetak gol, namun hal itu tidak

PSSB Tuntaskan Dendam Bekap Persitara 2-1

BIREUEN (Waspada): PSSB akhirnya sukses menuntaskan dendamnya dengan Persitara Jakarta Utara dalam lanjutan putaran kedua Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) di Stadion Cot Gapu, Bireuen, Sabtu (21/4). Tim asuhan pelatih Simon Pablo itu berhasil membekap skuad Laskar Si Pitung 2-1. Dengan demikia, maka kekelahan 1-0 PSSB atas Persitara di Stadion Tugu pada putaran pertama lalu, terbalaskan sudah. Kemenangan Rahmanuddin cs mendapat sambutan hangat dari para pendukung, meski sempat tertinggallebihduludimenit13lewatgolDedeSulaiman. PSSBmendapatpeluangmenyamakanskordimenit 23 lewat titik putih. Namun peluang itu gagal dimanfaatkanlegiunasingnya,Carlitos,setelahtendangannya mampu dibaca kiper Persitara, Iswahyudi. Namun anak-anak tuan rumah tetap tampil penuhsemangat,hinggaakhirnyadimenit33Revaldi berhasil menyamakan kedudukan 1-1 dan skor itu bertahan hingga turun minum.

Kubu tuan rumah seakan menemukan irama permainan terbaiknya di babak kedua. Permainan bola-bola pendek yang menjadi ciri khas mereka semakin hidup. Bahkan pemain Persitara mulai kewalahan menghadapi serangan yang dibangun Zoel Fadli cs. Sayangnya, penampilan apik PSSB diladeni dengan permainan kasar tim tamu. Kurang tegasnya wasit Eri Bastian dari Padang, membuat laga nyaris ricuh. Puncaknya saat pemain Persitara melakukan tekel keras terhadap Zoel Fahmi. Beruntung anak-anak Kota Juang tetap bisa kembali fokus pada permainan dan mampu membalik keadaan unggul 2-1 lewat gol Faumi Syahreza di menit 54. Gol itu berawal umpan matang dari kiri gawang Persiatara dan langsung dikonversi menjadi gol. “Sayapuasdenganhasilini.Anak-anakberjuang maksimal meski dari segi usia mereka masih sangat muda,” ucap Pelatih PSSB, Simon Pablo, usai pertandingan kemarin. (cb02)

Waspada/Abdul Mukthi Hasan

PEMAIN PSSB, Andri Mulyadi (depan), menggiring bola dengan dibayang-bayangi pemain Persitara dalam lanjutan Divisi Utama Liga Prima Indonesia Sportindo di Stadion Cot Gapu, Bireuen, Sabtu (21/4).

Seleksi SSS Real Madrid Seru Aceh itu. Kata dia, teknis skill olah bola pada hari pertama dibagi dalam tujuh partai yang masing-masing diperkuat sembilan pemain. “Dalam game kita lihat motorik mereka juga. Game berlangsung 2x10 menit,” sebut dia. Ditambahkan, hari pertama, peserta yang diseleksi umumnya berusia antara 12-15 tahun. “Mereka kita percepat ikut seleksi, karena Senin (21/4) besok mereka ikut Ujian Nasional di sekolah masingmasing,” papar Saifuddin. Manajer Sekolah, DR Nyak Amir MPd, menambahkan pada hari kedua ada 147 peserta lagi yang juga akan diuji psikotes, tes kemampuan sepakbola, dan antropometri. “Alhamdulillah, anak-anak sangat termotivasi untuk mengikuti program ini,” ungkapnya. Nyak Amir menambahkan, untuk psikotes dan wawancara, pihaknya melibatkan para pakar olahragadariFakultasKeguruandanIlmuPendidikan (FKIP) Unsyiah. “Untuk hari kedua, kita akan tes calon siswa kelompok umur 5-11 tahun dan 1617 tahun,” ujarnya. Kata dia, hasil seleksi akan diumumkan pada 24 April nanti. “Kita akan mengambil 100 orang sebagai siswa SSS Real Madrid. 60 orang dari kalangan tak mampu dan 40 lagi dari kelompok berada,” kata Nyak Amir. SSS RMF-Aceh adalah satu dari tujuh sekolah yang sama di Indonesia. Keenam daerah lain adalah Samarinda, Banjarmasin, Makassar, Sidoarjo, Jayapura, danYogyakarta. Proses seleksi dilakukan para pelatih yang sudah mendapat lisensi RMF Waspada/Munawardi Ismail SEJUMLAH peserta seleksi hari pertama SSS RMF Spanyol,yakniSupfriadi,Zulfahmi,RahmadSaputra, unjuk kebolehan di Stadion Harapan Bangsa, Aswadi, dan Suheri. (b07) BANDA ACEH (Waspada): Hari pertama seleksi calonsiswaSekolahSosialOlahraga(SSS)RealMadrid Faoundationberlangsungseru.Sedikitnya128peserta aduketerampilandilapanganStadionHarapanBangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Sabtu (21/4). Direktur Teknik SSS RMF, DR Saifuddin MPd, kepada Waspada, menyebutkan sebelum uji keteram-pilan sepakbola, para peserta terlebih dahulu mengikuti psikotes dan wawancara oleh para konselor yang dilibatkan pihaknya. “Dari hasil wawancara, motivasi mereka sangat luar biasa. Harapan ingin menjadi bintang sepakbola seperti idolanya cukup tinggi. Umumnya, peserta juga sudah tahu betul tentang klub Real Madrid,” sebut Saifuddin yang juga mantan pengurus KONI

Problem Catur

terjadi karena rapatnya barisan belakang lawan. “Kiper PSM Andi M Guntur juga sangat baik menjaga gawangnya dari kebobolan, meski dia merupakan kiper kedua.Kami tidakkecewadenganhasilini,dan bagi kami bisa menahan PSM bukanlah hal yang buruk meski kami main dikandang,” katanya. Ketika ditanya tidak diturunkannya Jecky Pasarela yang menyempatkan pulang ke Medan meski sedang mengikuti seleksi timnas, pelatih asal Italia ini mengaku dirinya tidak berani spekulasi, mengingat Jecky yang selama sepekan tidak berlatih bersama tim. Begitu juga sebaliknya, selama lebih sepekan mengikuti seleksi timnas, Jecky, menurut dia, juga tidak tahu bagaimana dengan kondisi tim. “Sayatidakbisamenurunkan pemain yang tidak tahu kondisi tim,meskidiapemainbagus.Saya hanya bisa menurunkan pemain yang setiap hari latihan bersamasama.Keputusan ini juga untuk menghormatipemainyangsetiap hari latihan,” katanya. Sementara pelatih PSM Ma-

kassar Petar Sergt mengaku, pemainnya kelelahan mengingat dalam dua pekan terakhir harus berlaga tanpa istirahat baik partai kandang maupun tandang, termasuk tampil di putaran 16 besar Piala Indonesia. Selain itu, tidak tampilnya beberapapemainintisepertikiper Deny Marcel, Kwon Jun, Hendra Wijaya sangat berpengaruh pada permainan tim. Meski demikian iabanggapadatimnyayangdapat menahan imbang tuan rumah. “Kami senang bisa menahan tuan rumah.Andi Guntur yang bermain menggantikan Deny Marcel, juga tampil sangat bagus.Dia beberapa kali berhasil menjaga gawangnya dari kebobolan,” katanya. Sementara itu manajer tim PSMS Ir Dolly Sinomba Siregar menyebutkanpemainsudahbermain maksimal. Sebelumnya digelar acara seremonial pelepasan balon dalam rangkaian HUT ke62 PSMS oleh mantan pemain PSMS seperti Nobon Kayamuddin,ParlinSiagian,PosanMakmur, Suyud, Sugeng Rahayu, Chairul Chan Siregar dll. (m18)

Divisi I Liga Indonesia BANDA ACEH (Waspada): Skuad Aceh Utara membuka peluang menyusul PSAB Aceh Besar ke putaran kedua Divisi I Liga Indonesia wilayah Sumbagut. Pada laga Jumat (20/4) malam, Aceh Utara mengalahkan Persidi Idi 1-0, berkat gol Indra Invantri menit 68. Kemenangan skuad asuhan Imran Juned pada pertandingan ketiganya di Stadion H Dimurthala itu, membuat Agus Mahdi cs mengumpulkan enam poin dari tiga kali main. Tiga poin sebelumnya diperoleh setelah melumat Pidie Jaya 4-0. Lalu, mereka kalah dari PSAB Aceh Besar 0-1 yang memimpin klasemen sementara. Untuk memastikan tiket mendampingi Aneuk Seulawah —julukan PSAB—, tak ada pilihan lain bagi Aceh Utara yang kini di posisi ke-dua klasemen sementara. Mereka harus mengalahkan lawan terakhirnya, Persal Aceh Selatan. Namun, hasil seri saja pun sudah cukup bagi tim yang dimanejeri Marzuki Daud ini. Lain halnya bagi anak-anak Tapaktuan. Akli dan kawan-kawan wajib menang untuk bisa mewakili Aceh mendampingi Aceh Besar. Sebab, kini mereka bertengger di posisi tiga dengan empat poin. Bila seri apalagi kalah, maka Septi Heriansyah cs harus melupakan mimpi melaju ke putaran selanjutnya. Tentu saja, laga yang dipentaskan Minggu (22/4) sore nanti, terasa bak partai final bagi kedua kubu. Sedangkanpadapartaimalamnyayangsudahtakmenen-tukan lagi,bertemuAcehBesardanPidieJaya.BagiAcehBesar,lagapamungkas bisa tampil lebih rileks dengan skuad lebih muda daripada biasanya, jika tak memasang target menyapu bersih. (b07) Klasemen sementara PSAB Aceh Besar 3 3-0-0 3-0 9 Aceh Utara Fc 3 2-0-1 5-1 6

Persal Aceh Selatan 3 1-1-1 2-1 4 Pidie Jaya 3 1-0-2 1-6 3 Persidi Idi 4 0-1-3 0-2 1

Medan Putri Jajal Putri Asahan Ujicoba Sepakbola Wanita Di Kisaran Sore Ini MEDAN(Waspada):Tim Medan Putri menjajal Putri Asahan dalam laga ujicoba sepakbolawanitadiStadion MutiaraKisaran,Minggu(22/ 4) pukul 16:00 WIB dalam rangkaian pelantikan kepengurusan PSSI Asahan. KetuaUmumSepakbola Wa-nita(SBW)MedanPutri Beby Henipuspita Sinaga, Sabtu(21/4)menyampaikan optimis anak-anak asuhannyadapatmengunggulitim Beby Henipuspita Sinaga (kanan) dan Hj Ihdina Putri Asahan. Namun deMarbun SH SPn. mikian,diamengakuibahwa pertandingan ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan sekaligus menggairahkan sepakbola wanita di Sumut. Bebydidampingi BendaharaPSWMedanPutriHjIhdinaMarbun SHSPndanSekretarisRiniHaryanisertaKetuaBiroSepakbolaWanita PSSI Sumut Reza Lubis menambahkan, pertandingan ujicoba ini diharapkan sebagai momentum kebangkitan sepakbola wanita di Sumatera Utara. “Kita(timMedanPutri)siapberpartisipasidenganmempersiapkan pemain-pemainmudayangandaldalammengikutiberbagaikejuaraan dan dapat memberikan sumbangsih kepada tim sepakbola wanita Sumatera Utara pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) mendatang,” kata Beby Namun dia optimis sepakbola wanita dapat memperoleh prestasi menggembirakan di tingkat nasional. Bahkan dia berharap timsepakbolawanitaSumutyangmemperolehempatbesarKejurnas 2010, pada Kejurnas Juni mendatang dapat memperoleh juara. Sementara Ketua Biro SepakbolaWanita PSSI Sumut Reza Lubis menjelaskanbahwadiSumateraUtarasudahberdiriditigakabupaten dan kota. (m18)

Waspada/Hamdani

NICKO Susanto, pemain PSMS Medan bernomor punggung 24 berebut bola dengan pemaain PSM Makasar saat hendak menyundul bola kegawang PSM pada pertandingan lanjutan IPL di Stadion Teladan Medan, Sabtu (21/4).

Sasa Cs Siap Revans Persidafon MEDAN (Waspada): Libero PSMS Medan, Sasa Zacevic, mengisyaratkan kekalahan 3-1 atas Deltras Sidoarjo di kandang sendiri StadionTeladan Medan pada Kamis (19/4) lalu, menjadi cambuk buat pemain asal Serbia dan kawan-kawan untuk tampil lebih baik saat menghadapi Persidafon Dafonsoro Papua di Stadion Teladan, Senin (23/4) besok sore. Skuad Ayam Kinantan dengan Caretaker Pelatih Suharto tetap kompak dan siap mencuri poin penuh sekaligus revans atas kekalahan 4-1 timnya di putaran pertama lalu di Sentani Papua pada putaran pertama lalu. Sasa yang merupakan pemain paling ramah dan murah senyum itu mengaku sejak PSMS dikalahkan Deltras 3-1, timnya sudah mengalami banyakperubahandankiniparapemaintetapmemiliki semangat juang yang tinggi. “Saat dikalahkan Deltras, saya bersama tiga pemain lainnya, Ledy Utomo, Ramadhan Saputra, dan Deny Rumba absen. Saya sendiri akibat akumulasi kartu, Ramadhan Saputra, Ledy Utomo, dan Deny Rumba cedera,” ucap Sasa, Sabtu (21/4).

“Tapi sekarang keadaannya sudah berubah, karena kecuali Deny Rumba, kami bertiga sudah siap untuk membela Ayam Kinantan. Mudahmudahan Senin besok kami bisa mencuri poin. Jika mereka (Persidafon) bisa mencuri poin di Papua,kenapakitadiMedantidakbisa,”tambahnya. Sementara itu, Caretaker Pelatih PSMS, Suharto AD, mengatakan skuadnya siap tempur dan tetap kompak menghadapi Persidafon. Dia membantah kalau pemain PSMS sudah mulai hilang kepercayaan dan tidak bersemangat lagi bertanding. “Itu tidak benar. Senin besok mari kita lihat apayangakanpemainberikankepadapubliksepakbola Medan. Kemarin boleh kalah karena PSMS krisis pemain, tetapi untuk kali ini hal itu tidak boleh terulang lagi,” katanya. Pada sesi latihan di Stadion Kebun Bunga, Sabtu (21/4), Novi Handrawan cs tampak penuh semangat. Hal inilah yang menggembirakan Suharto sehingga tetap optimis bisa mengalahkan tim tamu Persidafon. (m17)

Hendra DS Gantikan Syafril MEDAN (Waspada): CEO PSMS Medan, Idris SE, menegaskan pergantian Ketua Panpel Pertandingan Indonesian Super League (ISL) di Medan dari Syafril Jambak SH ke Drs Hendra DS tidak mendadak karena sudah direncanakan sejak lama. Idris yang juga Sekretaris Umum PSMS itu saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (21/4), menjelaskan pergantian itu berawal dari tidak bisanya Syafril mempertanggungjawabkan dana hasil pertandingan PSMS kontra PersiwaWamena pada putaran pertama lalu, senilai Rp120 juta. Dari kalangan pengurus PSMS menyebutkan, Syafril memangadamembuatlaporanpenggunaan dana itu. Namun dinilai terlalu mengada-ngada. Ketika diminta untuk menyerahkan dana hasil pertandingan kepada CEO PSMS ataupun ke Bendahara Umum, H Iswanda Nanda Ramli, Syafril belum menanggapinya. Bahkan hingga ke luarnya surat pencopotan dirinya pada 20 April lalu.

“Disampingitu,padatigapertandinganterakhir putaran pertama, pihak Syafril juga tidak dapat menutupi biaya yang di keluarkan (minus). Padahal jumlah penonton cukup banyak,” sebut sumber Waspada di Sekretariat PSMS Stadion Kebun Bunga Medan. Pencopotan Syafril dilakukan melalui surat bernomor 323/B/PSMS/IV/2012 tertanggal 20 April,bersamaandenganpengangkatanDrsHendra DS sebagai penggantinya. “Diangkatnya Hendra DS karena yang bersangkutan dinilai lebih berpengalaman, di samping itu pernah menjadi Manajer Tim PSMS pada kompetisi Divisi Utama 2010/2011 lalu,” sebut Idris. Menjawab pertanyaan seputar rencana Syafril akan membuat surat keberatan atas pencopotannya, Idris menegaskan mempersilakannya dan pihaknya siap membuka semua permasalahan yang telah dilakukan Syafril. (m17)

Mohammad Ebigail

Terobsesi Wing Chun Kungfu PELAJAR kelahiran Palembang,8April1995inimerupakan remajayangaktifdalamkegiatan olahraga. Berbagai kejuaraan telah pula ia ikuti, antara lain futsal, bulutangkis, dan renang. Baginya, olahraga adalah kebutuhan yang tak tergantikan. Dia adalah Mohammad Ebigail, putra pertama Masitah yang tinggal di Kompleks Setia Budi Indah Medan. Remaja akrab disapa Ebi ini mengaku sangat senang dengan berbagai aktivitas olahraga. Namun belakangan ia sangatterobsesiuntukmenekuni olahragaWingChunKungfuyang dinilai memiliki tantangan tersendiri. Menurutnya, olahraga itu lebih pada pertahanan diri, bukanpenyeranganpadalawan. “Selamamengikutiolahraga ini, semakin terbangun percaya diri untuk terus aktif menekuni olahraga lainnya,” ucap Ebi didampingiKepalaSMAHarapan, Drs Sofyan Alwi, saat ditemui di sekolahnya SMA Harapan, Jl Imam Bonjol Medan, barubaru ini. Dikatakan, ketertarikannya

terhadap olahraga Wing Chun Kungfu bermula tahun 2011 lalu, saat berlangsungnya Seminar Internasional IP ManWing Chun Kungfu bersama Grand Master Samuel Kwok di JW Marriot Medan. “Ketika itu saya bertemu langsnung dengan Samuel Kwok yang selama ini menjadi idola. Bersamanya kegiatan pelatihan Wing Chun Kungfu terasa sangat

Waspada/Ist

EBI mendapat kesempatan berlatih kungfu dengan Grand Master Samuel Kwok di sela seminar IP Man Wing Chun Kungfu di JW Marriot Medan, baru-baru ini.

Hitam melangkah, mematikan lawannya empat langkah. Jawaban di halaman A2.

8

7

6

5

4

.

3

2 Waspada/Setia Budi Siregar

1 A

B

C

D

E

F

G

H

SSB Generasi Kosek juara Manchester United Premier Cup 2012 setelah menang adu penalti 53 atas SSB Gumarang di lapangan Kosek Polonia Medan, Sabtu (21/4). SSB Generasi Kosek berhak mewakili Sumut ke putaran final di Jakarta Mei mendatang.

berbeda, bukan saja kelihaiannya sebagai seorang master, tetapi berkomunikasi dengannya juga menyenangkan,” ucap Ebi. Ke depan, Ebi pun mengaku inginmengikutiberbagaikegiatan yang berkaitan dengan Kungfu. Dia obtimis bisa menggapai obsesinya menjadi atlet kungfu andaldimasamendatangdengan perjuangan dan pengorbanan sepenuh hati. *Anum Saskia

Sport

A8

WASPADA Minggu 22 April 2012

Hadapi AS Roma Dinihari Nanti:

Nyonya Tua Masih Paten NYONYATUA Juventua masih paten. Itulah setidaknya optimis pasukan Antonio Conte untuk mengusung Scudetto musim 20112012. Lawan AS Roma di Juventus Arena, Senin (23/4) dinihari pukul 01:45 WIB (Live Indosiar) menjadi sandungan terbesar. Lantaran semua pertandingan Serie A pekan lalu ditunda menyusul kematian Piermario Morosini, jadwal pun sedikit berubah. Kalau sebelumnya Juve harus lebih dulu bertemu Cesena, kini mereka akan menghadapi AS Roma. Kalau melihat daftar lawan Juve di sisa musim, memang Roma lah satu-satunya tim kuat. Setelah menjamu Giallorossi di Juventus Arena, Nyonya Tua tinggal meladeni Cesena, Novara, Lecce, Cagliari, dan Atalanta. Di atas kertas, pasukan Antonio Conte tak akan kesulitan untuk mengalahkan lima tim tersebut. Juve punya rekor kandang yang tak terlalu bagus saat bertemu Roma. Dalam lima duel terakhir di kandang Juventus, Nyonya Tua menang dua kali dan dua kali pula kalah. Sisanya sekali berakhir seri. Tekanan untuk Juve akan semakin besar karena AC Milan akan bertanding lebih dulu. Di kandang sendiri, Rossoneri kemungkinan besar akan menang mudah atas Bologna dan untuk sementara mengambil alih puncak klasemen dari tangan Nyonya Tua.

Marchisio net

Djokovic, Nadal Ke Semifinal Monte Carlo MONTE CARLO (Waspada): Novak Djokovic berhasil menjaga emosinya setelah kematian kakeknya untuk mencapai babak semi final turnamen Monte Carlo Masters pada Sabtu (21/4) WIB, dengan mengalahkan petenis Belanda Robin Haase 6-4, 6-2. Petenis asal Serbia itu bergabung dengan empat orang yang sebelumnya sudah lolos ke semifinal setelah sang juara tujuhkali Rafael Nadal juga berhasil mengalahkan Stanislas Wawrinka dari Swiss 7-5, 6-4. Ini merupakan kemenangan Nadal yang ke-40 secara berturut-turut. “Iniadalahpekanyangsulit,”ujarDjokovic,setelahmenerimaberita pada Kamis lalu mengenai meninggalnya kakeknya,Vladimir, di Serbia. Djokovic akan menghadapi Tomas Berdych di semi final setelah pemain Ceko itu sebelumnya mengalahkan pemain Inggris unggulan ketiga Andy Murray 6-7 (4/7), 6-2, 6-3. Sementara Nadal akan menghadapi Gilles Simon yang sebelumnya mengalahkan sesama pemain Prancis dan unggulan keempat Jo-Wilfried Tsonga 7-5, 6-4. (m18/ant/afp)

Reuters

PETENIS Jerman Angelique Kerber mengembalikan bola kepada lawannya Samantha Stosur dari Australia pada Federasi Cup World Group di Stuttgart, Sabtu (21/4).

PSSA Kampiun Grup A Kompetisi Divisi I PSSI KISARAN (Waspada): PSSA Asahan berhasil menjuarai Grup A Kompetisi Divisi I PSSI setelah bermain imbang 1-1 atas Persidi Idi pada laga penutup di Stadion Mutiara Kisaran, Asahan, Sabtu (21/4). Laga kedua tim berlangsung ketat. Strategi tim asuhan pelatih Rudi Saari mampu dipatahkan anak-anak Persidi. Pertarungan tampak lebih menarik setelah pemain PSSA, M Irfan, berhasil menembus pertahanan lawan sekaligus mencetak gol cantik di menit 41. Kecolongan satu gol, Persidi terus meningkatkan serangan. Selang tiga menit, gol penyama pun lahir dari kaki Jamaluddin. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum. Meski saling mengancam gawang masing-masing, tetapi gol tambahan tidak tercipta di babak kedua. Tambahan satu angka membuat PSSA nyaman di puncak klasemen dengan mengantongi tujuh poin, sekaligus berhak melaju ke babak 12 Besar Nasional. (a15)

Mavericks Dekati Playoff

Namun, Juve saat ini tengah dalam kondisi bagus. Mereka menang terus dalam empat partai terakhir dan tetap belum terkalahkan musim ini. Hampir semua pemain mereka juga dalam kondisi siap tempur dan tak ada masalah cedera. Sebaliknya, Roma masih berkutat dengan inkonsistensi saat tampil di kandang lawan. Dalam tujuh laga tandang terakhir, anak buah Luis Enrique cuma bisa sekali menang dan sekali seri. Sisanya berakhir dengan kekalahan. Ditundanya pertandingan Serie A pekan ke-33 pekan lalu membawa berkah tersendiri bagi AC Milan. Beberapa punggawa I Rossoneri yang sempat cedera kini sudah sangat fit dan lebih siap bersaing hingga akhir musim untuk memperebutkan Scudetto. Total lebih dari 10 pemain yang cedera dan sebagian besar pemain inti membuat penampilan musim ini naik turun. “Perlombaan menuju Scudetto jelas belum selesai. Kami harus fokus sampai akhir,” ujar Gelandang Juventus Marchisio dilansir dari Football Italia, Sabtu (21/4) . “Rekor tak terkalahkan itu penting, tapi itu tak akan ada artinya jika kami gagal menjadi juara. Saat ini, kami sangat ingin menjadi juara,” tegas Marchisio “Kami menunjukkan bahwa kami belum habis. Kami akan terus berjuang sampai akhir. Kami akan mencoba dan memenang-

kan setiap pertandingan, termasuk akhir pekan ini menghadapi Bologna untuk memberikan tekanan pada Juventus. Kemudian kita lihat apa yang terjadi,” katanya. Perkiraan Pemain Juventus: Buffon; Barzagli, Lichtsteiner, Bonucci, Chiellini, Pirlo, Pepe, Vidal, Marchisio, Vucinic dan Quagliarella. AS Roma: Stekelenburg; Kjaer, Angel, De Rossi, Taddei, Gago, Pjanic, Marquinho, Lamela, Totti, Osvaldo. #Setia Budi Siregar Lima Pertemuan Terakhir Kedua Tim: 25/1/2012 Juventus vs Roma 3-0 (Coppa Italia) 13/12/2011 Roma vs Juventus 1-1 (Serie A) 4/4/2011 Roma vs Juventus 0-2 (Serie A) 28/1/2011 Juventus vs Roma 0-2 (Coppa Italia) 14/11/2010 Juventus vs Roma 1-1 (Serie A) Jadwal Serie A: Fiorentina vs Internazionale Milan vs Bologna Lazio vs Lecce Cesena vs Palermo Genoa vs Siena Juventus vs Roma (Pkl 01:45 WIB Live Indosiar)

Arsenal-Chelsea Tanpa Gol LONDON, Inggris (Waspada): Big Match Liga Utama Inggris antara Arsenal versus Chelsea berakhir imbang tanpa gol di Stadion Emirates, Sabtu (21/4) malam WIB. Serangan pertama datang dari Arsenal pada menit lima. Tomas Rosicky melepaskan tembakan dari luar kotak penalti tetapi arahnya tepat ke Petr Cech. Chelsea membalas semenit kemudian. Salomon Kalou berhasil masuk ke kotak penalti Arsenal dengan Bacary Sagna membayangi. Kalou lalu terjatuh dan bola meninggalkan lapangan, dengan wasit menyebut tak ada pelanggaran. Fernando Torres menjulurkan kaki berusaha menyambut umpan silang dari kiri pada menit 11. Dia gagal meneruskan umpan itu dan juga sudah terjebak offside. Arsenal memiliki peluang emas di menit ke-14. Theo Walcott mengambil tendangan bebas dari luar kotak penalti dan mengarahkannya ke tiang jauh. Di sana ada Robin van Persie yang coba menyontek bola kendati arahnya belum tepat sasaran. Peluang untuk Chelsea pada menit 27. Salomon Kalou mengejar bola umpan Florent Malouda, dengan Wojciech Szczesny maju coba menutup ruang. Bola akhirnya bisa dibuang Laurent Koscielny. Laurent Koscielny berhasil menyundul bola tendangan bebas yang diarahkan ke depan gawang. Tetapi sundulan di menit ke-41 itu hanya menghantam mistar gawang. Dengan hasil ini, Arsenal tetap di peringkat ketiga dengan 65 poin. ThomasVermaelen dan kawan-kawan unggul 6 angka atas Tottenham Hotspur dan Newcastle United yang berada di bawahnya.Chelsea terpaku di peringkat 6 dengan 58 poin. Arsenal: Wojciech Szcz; Thomas Vermaelen, Laurent Koscielny, Kieran Gibbs, Bacary Sagna, Alex Song, Aaron Ramsey, Alex Oxlade-Chamberlain (André Santos 70), Theo Walcott (Gervinho 60), Robin Van Persie, Tomas Rosicky (Abou Diaby 65). Chelsea: Petr Cech, John Terry, Gary Cahill, Ryan Bertrand (Ashley Cole 77), José Bosingwa, Oriol Romeu (John Mikel Obi 65), Florent Malouda, Michael Essien, Salomon Kalou (Juan Mata 74), FernandoTorres,DanielSturridge. (m18/euro)

WASHINGTON, AS (Waspada): Juara bertahan NBA Dallas Mavericks bersiap-siap untuk berlaga di babak playoff lagi setelah menorehkan kemenangan 104-94 atas Golden StateWarriors pada pertandingan NBA Sabtu (21/4) WIB sementara San Antonio mengalahkan Los Angeles Lakers kendati Kobe Bryant diturunkan pada pertandingan tersebut. Vince Carter melesakkan 19 poin, semuanya di paruh kedua, dan empat dari rekan satu timnya itu mencetak double figures bagi Mavericks yang tengah berusaha menuju babak playoff. “Saya sudah sangat siap melangkah ke babak playoff dan menjadi pemain ancaman lain bagi tim itu,” ujar Carter kepada wartawan. “Kami perlu mempersiapkan diri bagi babak playoff. Terlepas dari apakah kami akan bermain bagi sesuatu atau tidak, setiap orang pasti akan siap untuk menuju babak itu.” Dallas mencapai babak playoff untuk keduabelas kalinya secara berturut-turut ketika Houston kalah dari New Orleans pada Jumat (20/4) WIB. Klay Thompson mencetak 26 poin bagi Golden State, yang kalah untuk ketujuh kalinya berturut-turut. Di San Antonio, pemimpin Wilayah Barat Spurs membukukan kemenangan keenam mereka secara beruntun saat Tim Duncan, Tony Parker dan Manu Ginobili masingmasing mencetak sedikitnya 20 poin dalam kemenangan mereka 121-97 atas Lakers. (m18/ ant/rtr) Hasil NBA: Atlanta 97, Boston 92 Reuters Memphis 85, Charlotte 80 RED BULL Formula One Sebastian Vettel (bawah) dari Jerman Ckeveland 98, New York 90 dan pebalap Ferrari Formula One Fernando Alonso dari Spanyol Dallas 104, Golden State 94 San Antonio 121, LA Lakers 97 melaju pada Bahrain F1 Grand Prix di sirkuit Sakhir, Manama, Oklahoma 103, Sacramento 92 Sabtu (21/4).

Reuters

PEMAIN Arsenal Tomas Rosicky (kanan) berebut bola dengan Daniel Sturridge (Chelsea) dalam lanjutan Liga Premier Inggris di Emirates Stadium, Sabtu (21/4) malam WIB.

Manchester City Waspada MANCHESTER (Waspada): Dilihat dari klasemen, jelasWolverhampton bukan lawan sebanding untuk Manchester City. Tapi Roberto Mancini enggan jemawa dan menganggap The Citizens bisa saja kesulitan di Molineux, Minggu (22/4) malam ini pukul 23:30 WIB. Saat ini Wolves ada di posisi terbawah klasemen dengan 23 poin dari 34 laganya. Dengan empat laga tersisa, sulit rasanya bagi Serigala untuk lolos dari jeratan degradasi melihat penampilan mereka belakangan. Sementara itu City kini di posisi kedua, punya selisih lima poin dengan Manchester United. Hasrat besar mengejar

gelar Liga Inggris musim ini akan menambah motivasi mereka berlipat-lipat karena secara matematis titel juara masih dalam genggaman mereka. Laga ini pun bertepatan seminggu sebelum Derby Manchester di Etihad Stadium pekan, yang disebut-sebut sebagai laga penentuan juara musim ini. Tiga poin wajib direbut jika tak ingin tertinggal dari MU yang besok akan menghadapi Everton. Namun, Mancini meminta timnya untuk tak menganggap remeh lawannya tersebut. Sebab manajer asal Italia itu menilai Wolves masih menyimpan semangat tersisa untuk bertahan di Liga Inggris musim ini.

Laga antara pengejar titel juara versus klub yang menghindari degradasi dua pekan lalu sempat terjadi antara Wigan Athletic vs MU, di mana The Red Devils kalah 0-1. Hal itulah yang mungkin saja terjadi di laga pekan ke-35. “Usai beberapa situasi yang saya lihat dalam 3-4 pekan terakhir, saya piki ini akan sangat sulit bagi kami (untuk mengejar titel juara),” tukas Mancini di BBC. “Bagi kami penting untuk mengakhiri musim dengan baik. Kami ingin mencoba memenangi laga berikutnya. Itu akan sulit. Wolves berada di posisi terbawah dan akan jadi laga yang sulit,” tuntasnya. Di pertemuan pertama City menang 3-1 lewat gol-

Vettel Start Terdepan MANAMA, Bahrain (Waspada): SebastianVettel akhirnya mampu unjuk gigi juga musim ini, setelah melewati kualifikasi GP Bahrain dengan berada di pole position. Ini adalah pertama kalinyaVettel start di posisi terdepan musim ini. Dalam sesi yang dihelat di sirkuit Sakhir, Sabtu (21/4) malam WIB, Vettel beserta Red Bull Racing mengalami tekanan dari McLaren yang sempat tampil tercepa di sesi terakhir (kualifikasi tiga). Ta p i Ve t t e l m a m p u menggeber RB8 lebih cepat dari milik Lewis Hamilton untuk menuntaskan sesi kua-lifikasi dengan waktu 1 menit 32,422 detik. Ia unggul 0,098 detik dari Hamilton. Di posisi ketiga ada Mark Webber yang mencatatkan waktu 1 menit 32,637 detik. Jenson Button di urutan keempat dan Nico Rosberg melengkapi lima besar pembalap terdepan di balapan besok. Driver Ferrari, Fernando Alonso, akan start di urutan sembilan pada

balapan besok. Pria Spanyol itu tidak mengikuti sesi Q3 dan juga pebalap Force India, Paul Di

Resta, yang tak mengikuti sesi latihan Jumat kemarin akan start di urutan ke-10. (m18/ap)

Hasil kualifikasi GP Bahrain Pos-Pebalap-Tim-Waktu 1. Sebastian Vettel Red Bull-Renault 1m32.422s 2. Lewis Hamilton McLaren-Mercedes 1m32.520s + 0.098 3. Mark Webber Red Bull-Renault 1m32.637s + 0.215 4. Jenson Button McLaren-Mercedes 1m32.711s + 0.289 5. Nico Rosberg Mercedes 1m32.821s + 0.399 6. Daniel Ricciardo Toro Rosso-Ferrari 1m32.912s + 0.490 7. Romain Grosjean Lotus-Renault 1m33.008s + 0.586 8. Sergio Perez Sauber-Ferrari 1m33.394s + 0.972 9. Fernando Alonso Ferrari No time 10. Paul di Resta Force India-Mercedes No time 11. Kimi Raikkonen Lotus-Renault 1m33.789s + 1.367 12. Kamui Kobayashi Sauber-Ferrari 1m33.806s + 1.384 13. Nico Hulkenberg Force India-Mercedes 1m33.807s + 1.385 14. Felipe Massa Ferrari 1m33.912s + 1.490 15. Bruno Senna Williams-Renault 1m34.017s + 1.595 16. Heikki Kovalainen Caterham-Renault 1m36.132s + 3.710 17. Michael Schumacher Mercedes 1m34.865s + 2.443 18. Jean-Eric Vergne Toro Rosso-Ferrari 1m35.014s + 2.592 19. Vitaly Petrov Caterham-Renault 1m35.823s + 3.401 20. Charles Pic Marussia-Cosworth 1m37.683s + 5.261 21. Pedro de la Rosa HRT-Cosworth 1m37.883s + 5.461 22. Pastor Maldonado Williams-Renault No time 23. Timo Glock Marussia-Cosworth 1m37.905s + 5.483 24. Narain Karthikeyan HRT-Cosworth 1m38.314s + 5.892

gol Edin Dzeko, V incent Kompany dan Adam Johnson. Sementara hubungan Manchester City dengan Carlos Tevez kini sudah sepenuhnya berjalan normal. Ketegangan antara kedua pihak yang sempat muncul kini dipastikan tak lagi tersisa. Roberto Mancini dan manajemen City sempat dibuat gerah dengan kelakuan Tevez di awal musim lalu. Di awali dengan tudingan menolak dimainkan dalam laga Liga Champions, striker asal Argentina itu kemudian kabur ke kampung halamannya selama beberapa pekan. Baru sekitar sebulan lalu relasi antara kedua pihak membaik. Tevez pun mulai kembali dimainkan sejak pertengahan Maret lalu dan sejak saat itu makin rutin masuk skuad The Citizens dan bahkan jadi starter. Di dua kesempatan main sejak menit awal, Tevez malah mampu tampil impresif dengan empat gol berhasil dilesakkan. Diungkapkan Sergio Aguero, rangkaian kejadian tersebut seperti menunjukkan kalau

hubungan antara Tevez dengan pihak klub sudah sepenuhnya kembali normal. Masalah yang sempat muncul sudah sepenuhnya dituntaskan. “Carlitos sangat baik, dia ingin membantu tim kami di pertandingan tersisa. Sesama pemain Argentina, saya ingin dia bermain baik. Untungnya, situasinya (perpecahan yang sempat terjadi) sudah terselesaikan,” sahut Aguero di Skysports. “Kami berdua bermain baik menghadapi Norwich dan dia juga tampil bagus saat tampil dari bangku cadangan dalam laga menghadapi Chelsea, membuat assist untuk Nasri. Jadi, sekarang sudah berdamai (antara Tevez dengan City),” lanjut eks Atletico Madrid itu. Kembalinya Tevez, dan kemampuannya sebagai pencetak gol yang tak luntur, diharapkan Aguero akan membantu City menjaga persaingan dengan Manchester United. Duduk di posisi kedua, City saat ini masih tertinggal lima angka. (m18/dt/ sky)

WASPADA Minggu 22 April 2012

Mode

B1

Jilbab Praktis Dan Gaya SEMAKIN hari, gaya berjilbab atau berkerudung kaum muslimah semakin beragam. Beberapa perancang khusus muslimah pun mulai memberanikan diri berinovasi dan berkreasi dalam merancang penutup kepala yang kini menjadi kebutuhan dan sangat diminati tersebut.

Kini hadir beraneka jilbab dengan bentuk dan gaya yang lebih manis, dan variatif. Cara pemakaiannya pun sangat praktis dan simple, sehingga memudahkan kaum muslimah. Pemakaian kerudung atau pun jilbab yang tidak memakan waktu lama sudah pasti digemari kaum hawa yang sibuk menuntut ilmu ataupun pekerja. Selain pilihan mengenakan jilbab yang praktis, kenyamanan bahan dari jilbab itu sendiri kini mulai diperhatikan. Karena seringnya bahan jilbab yang tebal membuat kepala cepat berkeringat dan terasa panas. Ketidaknyamanan ini akan sangat menganggu aktivitas kaum hawa yang menekuni pendidikan maupun berkarir di dalam maupun di luar ruangan. Ada beberapa jenis kerudung ataupun jilbab yang bisa menjadi pilihan antaranya, Jilbab Shawl Kurma, Jilbab Ponytail, Jilbab Pashmina, Kerudung Arabian, Kerudung Persian dan masih banyak yang lainnya. Beberapa jilbab dan kerudung ini ada yang terbuat dari bahan tipis dan halus seperti sifon, ada pula yang tebal dari wol hingga dari bahan kaus yang lembut serta tidak panas. Biasanya, pemilihan jilbab disesuaikan dengan warna busana yang dikenakan, agar tampilan lebih serasi, elegan dan cantik meski kini banyak pula pengguna jilbab yang memilih tabrak warna dalam menggunakan antara busana dan jilbabnya. Tampilan berani dengan mengkombinasikan warna-warna umumnya disukai kaum muslimah yang gemar berinovasi dan suka gaya yang etnik dan unik. Agar mendapatkan hasil yang maksimal saat menggunakan jilbab, kenakan terlebih dulu dalaman atau istilahnya siput. Dengan siput, jilbab akan terlihat rapi lebih lama dan tampilan pun menjadi lebih modis. Jangan lupa untuk memilih warna dalaman yang

serasi dengan jilbab yang kita kenakan. Pilih dalaman warnawarna dasar, mulai dari hitam, coklat atau pun putih yang serasi dipadankan dengan jilbab aneka warna.

Untuk mendapat hasil yang maksimal tambahkan asesoris bros atau dengan hiasan lainnya agar penampilan lebih sempurna dan cantik. Neneng K.Zen

Aksi Si Pelindung Mata MENGENAKAN sunglasses kini bukan saja menjadi kebutuhan bagi kaum hawa, namun juga sebagai asesoris tambahan yang berguna melengkapi penampilan. Kacamata juga sudah menjadi bagian dari trend mode di dunia fashion. Pemilihan frame kacamata yang tepat dapat membuat wajah Anda terlihat semakin menarik dan semakin modis. Hal penting adalah harus mengetahui bentuk frame seperti apa yang paling cocok dengan wajah Anda. Meski seringnya para wanita memilih merknya terlebih dahulu ketimbang model framenya. Beberapa sunglasses atau kacamata bermerk dijual mencapai harga jutaan. Umumnya para wanita penggila fashion tidak menghitung berapa biaya yang harus mereka kucurkan untuk satu pendukung tampilan mereka. Semakin bermerk, biasanya harganya pun semakin menjulang. Mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah. Kacamata aksi ini biasanya laris manis, dan menjadi idola kaum hawa yang ingin terlihat mengikuti trend mode alias fashionable. Trend Optik, salah satu gerai yang memiliki beberapa koleksi sunglasses branded yang mereka klaim original (asli). Untuk Spring/ Summer yang lekat dengan keceriaan, koleksi di gerai ini memberikan penampilan yang berani lewat beberapa brand ternama mulai dari Guess, Guy Laroche, Bonia, Levis, New Balance, Monalisa, Moschino, Alain Delon dan masih banyak lagi yang lainnya. Umumnya kacamata berharga jutaan ini memiliki tampilan yang elegan dan chic. Aksi si pelindung mata ini begitu menggoda dan mampu memberi tampilan yang lebih bagi penggunanya . Aneka gaya kacamata aksi ini, ada yang berbingkai keemasan nan glamor, ada pula yang berbingkai aneka warna yang menarik. Beberapa di antara kacamata branded ini memiliki desain serta detail yang segar juga unik sehingga penggunaannya kini menjadikannya sebagai tren. Namun beberapa kacamata ini juga sengaja didesain vintage dan terinspirasi gaya era 1970 – 1980 – an, yakni berbentuk kotak, persegi panjang atau bulat. Banyak selebritis dunia yang tidak pernah lepas dari sunglasses ini. Mereka menjadikan sunglasses ini sebagai asesoris yang menunjang gaya. Neneng K.Zen

A

E G

N

D A

Info: Bagi masyarakat yang ingin menginformasikan kegiatan/event pemilihan model atau fashion show, dapat mengirimkan jadwal pelaksanaan dan agenda kegiatan ke email: nenengkz@gmail.com

Keluarga

B2

WASPADA

Minggu 22 April 2012

Dra Hj Siti Zulfah,M.Hum

Kartini Sumber Inspirasi Guru Perempuan PERJUANGAN RA Kartini untuk mengangkat harkat kaum perempuan yang setara dengan kaum laki-laki dalam aspek kehidupan, memberikan inspirasi bagi guru perempuan untuk berkiprah lebih banyak dalam aktivitas pendidikan. Demikian antara lain disampaikan Siti Zulfah Sulaiman, guru SMAN 3 Medan peraih Intel Education Awards tahun 2011 dilaksanakan Intel Education Initiative dan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia di Jakarta. Menurutnya, dengan diperingatinya Hari Kartini ke 133 ini kaum perempuan di Indonesia, utamanya para guru mengalami banyak kemajuan. Semakin banyak yang berlomba untuk menambah kemampuanya dengan memperdalam ilmu pengetahuan serta memperluas wawasan dengan kegiatan seminar. “Intinya, peringatan Hari

Kartini dengan kehadiran guru perempuan sangat penting,”kata Zulfah kemarin. Disebutkannya, pada dasarnya perempuan atau ibu adalah sosok yang sangat penting dalam pembentukan sikap anak yang akan meneruskan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Sedangkan perjuangan ibu Kartini adalah untuk mengangkat harkat perempuan semakin memberikan kesempatan bagi kaum ibu untuk lebih fleksibel merubah dan meningkatkan nilai serta pendidikan generasi yang lebih layakdan bermoral. Karenanya, sambung Zulfa dengan semangat RA Kartini itu diharapkan kaum perempuan untuk terus meningkatkan kuwalitas dan kemampuan diri untuk berpartsipasi dalam dunia pendidikan. Bagaimanapun di tangan guru perempuan yang nota bene seorang ibu,

sosok peserta didik akan lebih mampu menyerap dan mengadoposi ilmu pengetahuan. Tetapi, guru perempuan juga harus lebih meningkatkan kemampuan diri dan terus mengasahnya. Arus perubahan seringkali menuntut guru untuk selangkah lebih maju dan lebih cerdas dari murid. “Memang harus seperti itu, bahwa guru seharusnya tidak kalah saing dengan murid terutama dalam pemanfaatan teknologi. Dengan begitu guru akan lebih bisa memberi lebih banyak kepada murid,”kata Zulfa kemarin. Sebagai guru di SMAN 3 Medan, Zulfa tergolong populer. Ia meraih juara dalam debat bahasa Inggeris tahun 2006. Ikut pertukaran guru ke Ohio Amerika tahun 2009 dan guru berprestasi Kota Medan tahun 2011. Dia juga finalis 1 Intel Award Education di Jakarta tahun 2011. *Anum Saskia

Gigihnya Rosdani Didik Anak Hingga Sarjana RUMAH sederhana di Jalan Veteran Gang Sukoharjo Desa Manunggal Helvetia Deliserdang, nampak sepi ketika Waspada menyambanginyaSelasalalu.Tak lama seorang ibu bernama Rosdani Gucci,72 dan suaminya Nazarudin Chaniago,78, tiba. Keduanya mengaku baru saja selesai terapi kesehatan yang tak jauh dari kediamannya. Mempersilahkan tamu masukdanmenyuguhkansegelas air minum dan makanan ringan, pasangan yang nampak sangat bahagia ini menceritakan kegigihan mendidik 6 orang buah hatinya sehingga lima orang jadi sarjana pendidikan. Pasangan yang menikah tahun 1959 ini mengaku sudah menikmati hasil kerja keras dan kedisplinan mendidik anak yang saatinisudahmeraihcita-citanya. “Alhamdulillah,tugaskamisebagai orang tua berjalan lancar, anakanak mendapatkan pendidikan yang layak hingga menjad sarjana,”kata keduanya.

Pantang Menyerah Sebagai ibu rumah tangga yang mengendalikan keuangan pemberian suamniya, Rosdani harus bisa berhemat. Pasalnya, penghasilan suaminya sebagai tukang pangkas seringkali tidak mencukupi. “Penghasilan suami tidak menentu. Kalau sedang rezeki baik dapat banyak, kalau lagi sepi tentu hasilnya sedikit,” kata perempuan yang memilih total jadi ibu rumah tangga ini. Dengan mengandalkan penghasilan yang pas-pasan,berusaha mencukupkan rezeki itu untuk memenuhi keperluan keluarga adalah keseharian Rosdani. Tentu saja dia yang harus mengelola keuangan agar benar-benar bisa digunakan untuk hidup dan pendidikan anak-anak. “Sejakkecilsayainginsekolah dan menjadi seorang guru. Karena keinginan saya tidak tercapai, maka anak-anak saya harapkan bisa sekolah guru atau

Menemani putrinya diwisuda

Profil : Nama : Rosdani Gucci Suami :Nazarudin Chaniago Anak : 1.M Liani SPd 2.Zainuddin SPd 3.Supiati SPd 4.Delizar 5.Yeni Muharni SPd 6.Zulhamdani, SH kuliah di keguruan,” ujarnya. Artinya, tambah perempuan ini,tekaddansemangatyanglebih besar daripada kondisi keuangan yang dimiliki. Selain pandai memenej keuangan rumah tangga, Rosdani juga harus pandai menyiasati agar anak-anaknya tetap sekolah meskipun dengan keuangan ala kadarnya. Cara yang dia lakukan, mengantar anak-anak berangkat kesekolah meski harus berjalan kaki setelah menyelesaikan tugas di rumah, sementara suaminya bekerja. Setiap saat dia memberikanpengawasankepadabuah hatinya agar tidak lalai belajar. Perlahan tapi pasti, anak-anaknya menjadi siswa yang giat di sekolahnya dan mendapatkan nilai yang bagus. “Gizi saja belum lengkap untukmenjadikananakpintardan cerdas. Tetapi dukungan serta semangat dari orang tua sangat diperlukan anak agar mereka bersemangatmenuntutilmu,”kata perempuan yang mengaku harus menghemat pengeluaran demi menyekolahkan anak-anaknya. Pendidikan Agama Belajar mengaji di rumah usai shalat magrib, bagian dari aktifitas Rosdani dan suaminya. Hal itu dilakukan untuk memupuk nilai-

Selamatkan Anak Bangsa Dari Pengaruh Negatif Internet MENYELAMATKAN anak bangsa dari pengaruh negatif penggunaan internet selayaknya menjadi prioritas dalam kehidupan sehari-hari. DemikianantaralaindisampaikanMenteriNegaraPemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP dan PA) Linda Agum SariGumelar, saat berlangsungnya Simposium Kartini Next Generation yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis lalu dihadiri Menteri Kominfo Tifatul Sembiring. Untuk itu, kata Linda Gumelar, diperlukan Internet Sehat guna menyelamatkan anak-anak dari bahaya pornografi. “Anak-anak perlu dilindungi dari bahaya pornografi yang marak beredar di internet agar proses tumbuh kembang dan moralitasnya terjaga,” kata Linda. Menurut Linda, di era globalisasi komunikasi dan informasi serta teknologi memberikan dampak positif maupun negatif. Bak pisau bermata dua, internet bermanfaat untuk kehidupan sehariharinamundisisilain,situs-situsyangmengandungmuatanpornografi juga tidak mudah untuk dicegah. “Pemahaman penggunaan internet sebagai salah satu alat komunikasi dapat membuka wawasan para perempuan pengusaha. Baik dari pelaku industri rumahan yang masih sederhana hingga pengusaha besar sekalipun. Penggunaan internet juga dapat dimanfaatkan untuk mengentaskan perempuan dari buta aksara, ketertinggalannya akan berbagai informasi yang diperlukan yang diperlukan mereka untuk kecakapan hidup. Juga untuk membentengi dari materi-materi yang bernuansa pornografi,” ujar Linda. Menurut Linda, pemikiran Kartini yang cerdas dan sangat maju sampai sekarang masih relevan dengan situasi dan kondisi perempuan Indonesia di era globalisasi saat ini. Hasil pemikiran Kartinilah yang kemudian menghasilkan pendidikan bagi perempuan dan laki-laki seperti saat ini. Dari sisi kesetaraan gender, teknologi, informasi dan komunikasi hingga saat ini masih sangat dekat dengan laki-laki. Sementara perempuan seringkali dimanfaatkan sebagai objek. Padahal idelanya, teknologi, informasi dan komunikasi merupakan sarana yang penting untuk mengubah pola pikir dan pemahaman serta paradigma masyarakat akan kesetaraan gender. “Hal penting ini bisa diwujudkan mulai dari keluarga, masyarakat dan negara,” tandas Linda. (dianw)

Peringatan Hari Kartini Jangan Hanya Seremonial

Bahagia setelah anaknya sukses menjadi sarjana nilai agama dalam diri anak-anak mereka. “Kalau magrib idak ada yang keluar rumah.Usai shalat berjamaah langsung mengaji. Kalau tidak mau, sebatang rotan akan singgah di kaki,” papar Rosdani. Dia menilai, pendidikan agamabegitupentinguntukanakanak. Apalagi dimulai sejak dini, sehingga anak lebih cepat paham dengan apa yang disampaikan. Menurutnya, dengan mengajarkanlangsungkepadaanak,berarti orang tua memberikan contoh sekaligus mengikat tali kekeluargaan antar semua anggota keluarga. Mereka juga mengajarkan bagaiman anak-anak bersyukur

atas apa yang sudah dicapa dengan memberi kebahagiaan pada orang lain. Misalkan sudah lulus ujian, lalu memberi sedekah pada orang lain semampunya. “Yang terpenting jangan pernahmeninggalkanshalatwajib danmemperbanyakshalatsunnat. Rajin berdoa dan selalu sabar menghadapi kenyataan hidup, yakni dengan menyadari bahwa Allah telah menjadikan manusia secara utuh. Karena itu harus pandai memanfaatkan apa yag sudah diberikan Allah untuk meraih impian masa depan,” tuturnya. Bahagia Sekarang, lanjut Rosdani, dia dan suaminya sangat berbahagia.

Lima orang anaknya telah menjadi sarjana pendidikan. “Sebagai orang tua, tentu saja merasa senang, sudah mengantarkan mereka meraih sarjana. Karena itu kami menyarankan agar mereka kuliah lagi. Jangan hanya terpaku pada keberhasilan hari ini, karena dunia terus berkembang dan pendidikan memerlukan tenaga pendidik yang inovatif,” kataya. Keduanyakinimenikmatihari dengan kegiatan pengajian di beberapa tempat. Mereka selalu beraktivitas bersama dan tetap memberikan dukungan meski sudah tidak muda lagi. Naskah dan foto : Anum Saskia

PERINGATAN hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, semestinya menjadi hari yang bersejarah bagi wanita Indonesia, namun sayang peringatan hari yang bersejarah tersebut masih saja diperingati secara seremonial saja, tidak diikuti makna sesungguhnya di balik hari Kertini tersebut, demikian dikatakan Mitra Lubis, staf Divisi Anak dan Perempuan Yayasan Pusaka Indonesia. Menurutnya semangat Kartini yang begitu besar inilah yang semestinya dimaknai secara tepat oleh kaum perempuan. ”perempuan Indonesia harus mampu menjadi representasi negara, lingkungan dan rumah tangga, Menjadi perempuan Indonesia yang terpelajar dengan sikap moral yang pantas.” Ungkap Mitra biasa dipanggil.. Mitra mengungkapkan pandangannya bahwa perempuan saat ini seharusnya sudah mampu keluar dari persoalan kekerasan yang kerap terjadi di masyarakat. Mereka masih saja dijadikan objek dari segala bentuk kekerasan, menjadi korban traffiking, Kekerasan Dalam RumahTangga (KDRT), korban TKI, menjadi buruh yang tidak layak Dikehidupan masyarakat masih saja banyak ditemui stigma bahwa perempuan hanya dianggap sebagai pelengkap saja dalam keluarga dan masyarakat, tidak mempunyai peran berarti dan dianggap sebagai kaum yang lemah. Sebenarnya kata Mitra, perempuan di Indonesia yang mencpai 50,3 %, merupakan potensi yang luar biasa pada masa kini untuk berpatisipasi dan menunjukan bahwa perempuan bukan hanya pelengkap dalam keluarga dan masyarakat Perempuan berhak untuk diperlakukan sama dalam berbagai bidang kehidupan dengan laki-laki, perempuan berhak untuk mendapatkan perlindungan dan keadilan yang setara dengan kaum pria, berpartisipasi aktif memajukan negara ini. (m37)

Ide Perubahan Itu Diawali Dari Rumah MENELUSURI kediaman Drs Maraguna Nasution MAP di Jalan Karya Suci No 72 Bandar Khalifah Percut Seituan, Deliserdang memang tidak sulit. Meski memerlukan waktu lebih 30 menit dari inti Kota Medan lantaran padatnya arus lalu lintas di kawasan itu. Namun akhirnya menemukan suasana yang berbedaantaralainramahtamahnya warga setempat. Saat Waspada mendatangi kediamannya Jumat lalu, Maraguna dan isterinya Rani Irmawan Harahap SPd menyambut dengan ramah. Di rumahnya yang seder-

hana, sederet rencana dan ideide untuk membangun dan mempersiapkan sekolah yang dipimpinya go internasional menjadi pemandangan berbeda di ruang kerjanya. “ Ya, sejak dipercaya menjabat sebagai Kepala Sekolah SMKN 5 Medan pada 20 April 2006, saya ingin agar ada perubahan di sekolah itu selama saya bertugas,” kata Maraguna. Awalnya, kata Maraguna, ia melihat sekolah yang dipimpinnya itu hanya ada beberapa ruang kelas, kamar mandi yang terbatas, jumlah siswa yang tidak

Bersama isteri berdendang saat kegiatan perpisahan di SMKN 5 Medan.

terlalu banyak, utamanya di jurusan Teknik Bangunan, ruang praktik siswa yan jauh dari lingkungan sekolah, sehingga siswa kurang terawasi, lingkungan sekolah tanpa musholla padahal banyak siswa muslim yang harus praktik ibadah dan ruangan laboratorium yang sempit dan jumlah komputernya minim. “Masih banyak problem lain yang harus diselesaikan agar lembaga pendidikan kejuruan yang harus meluluskan siswa dengan potensi dirinya yang siap pakai dapat terlaksana dengan baik,” kata Maraguna. Mendapat Dukungan Syukurnya, lanjut Maraguna, ideperubahanuntuksekolahyang dipimpinnya itu mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak. Utamanya dari isteri yang sehari-hari berprofesi sebagai guru bimbingan konseling. “Saya sadar untuk melakukan perubahan itu diperlukan pemikiran yang serius dan dana yang tidak sedikit. Namun, hal itu harus tetap dilakukan demi tercapainya impian mengembangkan keberhasilan peserta didik,”ujarnya. Negoisasi dan berdialog dengan berbagai pihak untuk memberikan dukungan penuh

agar hal itu terwujud, sambungnya, menjadi sebuah penguatan yang akhirnya mewujudkan semua harapan. Campur tangan media cetak dan elektronik juga bagian dari dukungan yang tidak terabaikan agar promosi sekolah danhal-halyangbelumsempurna bisa diketahui oleh masyarakat. “Lembaga pendidikan itu tidak berdiri sendiri dalam rangka menciptakan siswa yang berhasil dengan pendidikannya. Ada lingkungan sekolah dan orang tua yang harus berpartisipasi penuh,” paparnya. Tidak Ragu Kepala SMKN 5 Medan yang barusajamenerimapenghargaan Education Award 2012 dari International Human Resources Development Program (IHRDP) mengakui bahwa melakukan perubahan adalah sebuah keputusandankeinginanyangharus dilaksanakan. Karenanya tidak boleh ragu untuk melaksanakannya. Meski banyak sekali rintangan dan tantangan yang harus dihadapiKepala SMKN 5 Medan yang baru saja menerima penghargaan Education Award 2012 dari International Human Resources Development Program (IHRDP) mengakui bahwa melakukan perubahan adalah

sebuah keputusan dan keinginan yang harus dilaksanakan. Karenanya tidak boleh ragu untuk melaksanakannya. Meski banyak sekali rintangan dan tantangan yang harus dihadapi. “Tantangan itu bagian dari perjalanan karir yang harus dilewati. Percaya diri dan yakin Allah akan memberikan jalan keluar dan kemudahan. Ini menjadi sebuah kekuatan yang akhirnya mampu melewati berbagai masalah meskipun belum semuanya,” ucap pria 45 tahun ini. Dia juga berupaya membangun kepercayaan diri tenaga pendidik dengan memikirkan cara agar para guru yang bertugs mempunyai ruangan. Secara bertahapbangunanruanganguru semakin diperluas dan ditambah jumlahnya. Hal itu juga memerlukan tenaga dan pemikiran ekstra, sehingga perencanaan yang dilakukan harus benarbenar matang. Berkat kegigihannya itu, kini di sekolah yang dia banggakan sudah terbangun ruangankelasbertingkat,ruangan guru dan fasilitas taman yang sedang direnovasi. “ Berkat ketidakraguan itu akhirnya sejumlah fasilitas ruangan belajar dan ruangan guru selesai dikerjakan. Mereka

Drs Maraguna Nasution MAP saat menerima penghargaan dari IHRD belum lama ini. sudah nyaman dengan ruangan sendiri untuk mendapatkan privasi sebagai guru,”kata Maraguna . Saat ini jumlah siswa di sekolah inipun semakin bertambah dari 24 rombongan belajar menjadi 36 rombongan belajar. Tahun 2013 mendatang diperkirakan akan mengalami peningkatan menjadi 38 rombongan belajar. Hal lain kata Maraguna,

dengan semangat dan menepis keraguan itu, berbagai ruangan praktik untuk siswa sudah mulai dilaksanakan di sekolah sendiri. “Kini, ruangan praktik untuk Teknik Gambar dan Otomotif sudah bisa di sekolah ini. Anak didik akan mendapat perhatian penuh dari guru dan pihak sekolah. Musholla juga sudah selesai pembangunannya sejak 2007 lalu, sehingga siswa dengan

mudahbisamelaksanakanibadah shalat dan praktik agama lainnya. Sedangkan karya siswa utamanya bidang teknik bangunan yang selama ini kurang pavorit secara perlahan mulai digemari. “Dengan populernya jurusan Teknik Bangunan ini maka guru bidang studinya semakin aktif, karena selama ini kekurangan siswa. * Anum

Cemerlang

WASPADA Minggu 22 April 2012

Menguak Pasal Menjaring Sesal

L

ama mataku tidak mau terpejam. Dan memang aku tidak mau memejamkannya sedetikpun. Padahal, aku sudah mengantuk berat. Istri dan anak-anakku sudah lama terlelap. Sebelumnya mereka berusaha bercengkrama, sambil berjaga. Betapa tidak sudah hampir seminggu daerah tempat tinggal kami diguyur hujan. Awan terlihat buram. Langit terus-menerus muram. Seolah menebar kesedihan yang mendalam. Bukan hanya disebabkan jalan raya yang basah. Atau air yang menggenang sampai ke lutut orang dewasa, di beberapa tempat. Sebilah saluang seolah bersenandung di pikiranku, mengikuti irama rembesan air hujan dari langit-langit rumah kami yang rapuh itulah, yang paling mengganggu. Untung saja, aku dan anak-istriku sempat menyelamatkan lantai dari basah yang lebih parah atau kertas-kertas yang berserakan di lantai. Kertas koran yang tak sempat terlipat atau buku – buku yang tak sempat tersusun, ku naikkan begitu saja ke atas kursi dan meja kayu. Untung saja sebuah cerpen sempat aku rampungkan. Sehingga aku sedikit tenang membereskan lantai rumah dari rembesan air yang semakin deras. Semua segera terselesaikan bersamaan dengan curah hujan yang mulai mereda. Dan beberapa saat aku, anak dan istriku bercengkrama sampai akhirnya merekapun terlelap kelelahan. Tinggal aku sendiri. Aku masih bertahan, takut kalau hujan kembali menderas. Persis seperti dua hari yang lalu, setelah hujan mereda aku beranjak tidur, tetapi begitu bangun pagi hendak mandi dan berangkat kerja ternyata hujan tanpa sepengetahuan kami tibatiba menderas. Pakaian kerja yang sengaja disangkutkan di dinding kuyup oleh airnya yang merembes dari langit-langit. Tidak hanya itu saja sebenarnya, aku juga kuatir. Aku tidak mau mengalami peristiwa yang dialami oleh kawan kerjaku menimpaku juga. Ketika itu juga hujan berhenti, tetapi bukan karena air yang setinggi lutut orang dewasa, tetapi lebih menyedihkan dari itu. Rumahnya habis terbakar. Masih untung anak dan istrinya bisa diselamatkan. Dan aku selalu berdoa kepada Tuhan semoga hal itu tidak pernah terjadi pada kami. Sehingga kutahankan untuk tidak memejamkan mataku sedetikpun. Selain menikmati kepulan asap rokok, aku tetap meneruskan tulisanku yang berikutnya. Mungkin tulisanku yang kedua ini hanya sekadar melepaskan unek-unekku yang membuncit di kepala. Aku merenung, kenapa selalu saja musibah yang menimpa? Kalau tidak banjir, ya kebakaran. Dua hal itulah yang paling sering terjadi di tempat tinggalku yang sekarang ini. Di sini, aku tinggal sudah hampir lima tahun. Sebelumnya, aku menetap di Banda. Setelah tsunami meluluhlantakkan Banda, aku trauma. Aku tidak mau lagi tinggal di sana. Di sini, aku tinggal tidak jauh dari rumah mertuaku. Sengaja memang. Paling tidak kalau aku kerja, anakku bisa tingal sementara di rumah mertua sambil menunggu aku pulang dari tempat mengajar. Begitu juga istriku yang bekerja sebagai guru di tempat yang sama. Paling tidak kalaupun mertuaku kebetulan tidak berada di rumah, anak-anakku sudah tidak canggung lagi di sana. Dari segi kenyamanan dan keamanan, rumah mertua jauh lebih nyaman. Jauh lebih aman. Dan kami tidak merasa was-was, walaupun rumah itu ditinggalkan penghuninya sampai berhari-hari. Termasuk ketika aku dan istriku sudah pulang dari tempat mengajar, lalu memboyong anak-anak kami pulang ke rumah. Walaupun rumah mertua kosong karena di tinggal ke kampung, Pariaman, rumah itu aman. Dan malam ini setelah sampai di rumah tiba-tiba hujan mengucur deras. Seperti seolah sudah biasa kami tidak panik. Anak-anakku seperti sudah faham apa yang harus dilakukan. Istriku ikut mengajak, sambil mengawasi mereka diam-diam. Malam ini juga kami membereskan segalanya dengan keriangan yang luarbiasa. Lalu, tidak berapa lama mereka terlelap membawa kelelahan yang menyenangkan diselimut mimpi indah mereka. Aku masih tetap berusaha untuk tidak membiarkan kelopak mataku terkatup sejenak. Dan persis seperti dugaanku, begitu aku melirikkearahjamdidindingyangtengahkedinginan,hujanmencurah dengan derasnya. Aku sedikit panik. Aku berniat membangunkan istriku, tetapi kuurungkan niatku demi melihat lelap tidurnya. Anakku agak menggeliat, tetapi kembali tenang. Hujan seolah berlari-lari di atas seng rumah kami. Aku berlari dengan kecemasanku. Memeriksa setiap sudut dan tempat. Memeriksa barang-barang yang mungkin

Karya: Friska Nababan

Cerpen: M. Raudah Jambak

masih ada yang berserakan di lantai. Mataku terus mengawasi sisi langit-langit yang merembeskan hujan. Aman, pikirku. Tetapi telingaku sayup-sayup mendengar sayup sirine yang melesat di antara deru irama hujan menembus gendang telingaku. Suara sirine itu seolah sudah sangat akrab di telingaku. Dan aku hanya bisa menelan ludah. Rumah siapa lagi, pikirku kembali. Ah, banjir dan kebakaran seolah sahabat yang sudah sulit untuk dilepaskan. Dan, anehnya di setiap bulan-bulan Ramadhan hal itu acap sekali diberitakan. Tetapi semuanya tentu maklum, ada penyebabnya, petasan. Sementara, kalau hujan seperti ini selalu penyebabnya adalah lilin. Itupun kalau mati lampu yang juga sering sekali padam. Lalu, kalau arus listrik hidup seperti ini, selalu penyebabnya adalah akibat terjadinya gesekan arus pendek. Demi mengingat itu, aku merasa cemas. Bukan karena langitlangit rumahku yang semakin deras rembesannya. Aku cemas dengan rumah mertua. Aku cemas bukan karena rumah itu bisa terndam air hujan yang semakin meninggi, tetapi arus pendek yang tidak pernah diduga akan terjadi. Hayalanku mengawang. Wajah mertua dan rumahnya silih berganti mengisi ruang kecemasanku. Wajah kedua mertuaku seolah memberi sinyal kepadaku untuk melihat rumah mereka. Tetapi, aku bingung. Tidak mungkin kutinggalkan rumahku begitu saja. Tidak mungkin kutinggalkan istriku yang tengah terlelap bersama anak-anak kami. Untuk membangunkannya aku tidak

Aku Kartini

Kau wanita kemayu Wanita yang memakai sanggul Wanita yang mengenakan kebaya Hingga tampilanmu memancarkan kecantikan

Aku Kartini….. Berdiri tegar menghadang tsunami Berjuang dalam segala musim Berkiprah ke seluruh penjuru mata angin.

Oh Ibu Kartini Bahasa harkatmu begitu mulia Kami berjanji padamu Dengan ilmu dan kasih sayang Memajukan cita-cita luhurmu

Fitnah Aku memang bukan orang baik Tapi aku tak seburuk yang kau pikirkan Aku ini manusia bodoh Tapi…… Aku tetap punya hati Andai aku salah Katakan Katakan Katakan padaku Jangan kau katakan pada orang yang tak menahu Apa aku harus diam? Sabar dan hanya sabar? Ingin meneriakan semua ini di tengah laut Munafikkah aku bila ku berkata benar? Bodohkah aku bila tetap tersenyum? Aku akan mengungkapkan Agar aku tak salah lagi Menjadi kambing hitam dari kebohonganmu Mahasiswa HKBP Nomensen

Karya: Ade Irma Suriyani

Tak Seindah NamaMu Tuhan… Aku hanyalah hambamu yang lemah Aku hanyalah hamba yang penuh dosa Namun…. Mendengar nama-Mu, jiwa ku serasa bergetar Jiwaku berguncang hebat Dan air mata juga tak terbendung Tuhan…. Jiwaku nyaman disisi-Mu Jiwaku damai dengan sentuh-Mu Karena mendengar nama-Mu Membisikkan alunan-alunan nyanyian di hatiku

tega. Hanya saja wajah kedua mertuaku seolah menderas seperti hujan yang mengetuk-ketuk atap seng rumah kami. Serta bunyi guntur yang silih berganti seperti berpindah ke gemuruh dadaku. Dhuaaar...! Aku terkejut. Bukan karena suara guntur. Tetapi suara teriakan yang memekakkan, yang berasal dari arah kamar tidur. Dari kamar anak dan istriku yang tengah terlelap. Aku baru segera beranjak melihat ke arah kamar setelah teriakan dari arah kamar itu disertai dengan jeritan tangis yang begitu menyayat. “Mak....! Mak...! Mak....!” Aku yakin itu suara istriku. “Mak...!Mak...!Mak...!” Aku segera menuju ke kamar. Kudengar raungan istriku semakin menjadi. Aku semakin cemas. Begitu sampai di kamar, kulihat istriku dan anak-anak kami masih tertidur. Hanya saja istriku tidur dalam kondisi meraung-raung. Menghentakkan-hentakkan badannya. Menjambak-jambak rambuntya. Aku cemas. Segera kubangunkan. Mungkin istriku sedang bermimpi buruk. “Han, Hani. Bangun...”kuguncang-guncang tubuhnya,” bangun. Kenapa, Mama?” Istriku sontak terbangun. Dia terduduk.Wajahnya masih terlihat sesenggukan. Aku segera memeluknya. Mengelus rambutnya. “Kenapa, Sayang...” Dia terdiam. “Sudahlah. Mungkin itu mimpi buruk.”

Puisi-puisi

Karya: Dra. Maria Sihombing

Kartini

Kartini…. Namamu begitu harum Kau wanita sejati Kau wanita mulia Kau wanita cerminan Bagi kami kaummu Oh kenapa?? Tanggal 21 April saja kau dikenang?? Kenapa tak setiap waktu, kau dikenang

B3

Aku Kartini..... Dari rahimku lahir putra-putri bangsa Berjiwa srikandi dan satria Dari buah dadaku... mengalir susu dan madu Tanganku memayungi dari teriknya matahari dan dinginnya malam.

Tradisi hedonisme dan matrealistis subur di bumi pertiwi Atas nama mahanya siswa-siswa gerakan turun kejalan Berseragam jas berilmu dan giat orasi namun minim solusi Sebuah nama sebuah cerita....... Dan negeri ini masih menunggu jiwa-jiwa pancasila Indonesia jaya bukanlah nostalgia histori semata

Goresan Rakyat Tindakan anarkis terjadi dimana-mana Meronta-meronta dengan satu suara Mencerminkan suatu kepiluan bangsa Melukiskan keperihan yang tak tergambarkan di jiwa para pengembara Tapi kau terbang ke negeri tetangga seakan tak merasakan apa-apa Seolah-olah buta dan tak mendengar jeritan mereka Membiarkan jiwa-jiwa yang hampa untuk menanti sebuah asa Mengharapkan jawaban yang tak kunjung tiba dari sang penguasa Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia Unimed

Redaksi: Kesalahan pembuatan nama penulis pada Cerpen Laut Memang Adil. Cerpen tersebut merupakan karya Nana Sitompul, namun tertulis M Raudah Jambak. Atas kesalahan tersebut, kami sampaikan maaf.

Karya: Putri Rizki Adriani

Bunda

Lembut terdidik Citra yang kau pancarkan Lewat waktu yang panjang, Sosokmu yang lembut... Berantas kebodohan, kaum mu...

Bunda... Hangatnya kasihmu Tak ada yang bisa menggantikannya Kau sumber tawa kebahagiaan Susah senang dalam hidup kurasakan bersamamu Bunda... Andai waktu, keadaan menyatukan kita Aku tidak ingin jauh Jauh dari dekapan bundaku sayang Kasihmu seperti air Bunda... Doa-doamu membaluri sekujur tubuhku Kasihmu yang tulus mengalahkan segalanya Kasihmu seperti udara yang tak pernah berhenti Dengan apa aku membalasnya

Karya: Nurhafizah Lubis

Rindu Kebenaran

Karya: Sari Uli Octaria

Putih Dan Hitam Putih dan Hitam Sorot paku sayup itu… mampu menatap, mendalam tiap lengkungan tatap maluku… Kelut dan tanya menanti harap tanpa batas di balik senyum manis... Hati saling bersaut, merangkai kasih tanpa harap Bergemuruh seakan menyatukan putih dan hitamnya pertentangan… namun akankah? Satukah? benarkah? Bertoleh tanya dalam ragu… Sakit dan perih telah meraut hati menyisih rasa dalam hangatnya kerinduan kini dan nanti balutan kesedihan kan terlewati oleh tangisan yang menyapu sepi dalam letihnya lara… Mengapa ku harus mengenalmu? Jika hitam dan putih tak dapat menyatu… Karya: Epi Nurlinda

Bangkit Ragaku kini dibawa angin Menjauh dari sini Aku ingin melawan angin dengan mata tertutup Tapi jurang di depan menantiku Kunikmati angin ini Berguling, terjatuh, dan terdampar Raga basah kehujanan Dan aku telah berpijak di sini Dengan senyum bersama mimpi-mimpi

Karya: Erwin Susanto

Ini Yang Terakhir Ini mungkin aku tapi bisa saja tidak Ingatkah wajah ini legam penuh biratan Dari cerita dahulu kawan Sadarkah ini yang terakhir untuk seluruh ini

Ombak Hanya dari lautan api bisa merasa amarah Mungkin melalui ombak besar hanyutkan bersama Kadang bisa cuma bualan mata menghilang Kau ubah pasang surut rasa itu padaku Mungkin melalui ombak kecil bangunkan lalu Karya: Juliana Simamora

Hanya Satu Hari Setiap sore senja kupandang Sekejab bertambah kelam Lalu tenggelam di balik malam Bangun di pagi hari Bertambahlah usia sehari Jiwa dan raga bergelut Dari senja ke senja Cari rejeki bukan mencari lebih Cari harta bukan mencari kaya Senja pun kupandang lagi Terasa semakin senja di hati Ah ...! Hidup hanya satu hari Dari senja ke senja Berputar bagai roda Dunia takkan habis bergelut Apakah arti hidup Kecuali berserah diri pada Tuhan

Karya: Tri Putri Sianturi

Kartiniku

Namamu harum sepanjang masa Jayalah Kartiniku... Jayalah bangsaku...

Karya: Eva Susanti Ginting

Sebuah nama sebuah cerita....... Setetes BBM mu sangat berarti bagi negeri ini Jika harga menjolak tinggi tak perlu anarki Ungkapkan dengan hati nurani

* Komunitas Home Poetry

Ibu pertiwi terang benderang, Karena kesabaranmu Walau penuh rintangan, kini... Bumi pertiwi terhindar kebodohan

Aku Kartini..... HABIS GELAP TERBITLAH TERANG..... Mari, kaumku perempuan.... Satukan hati, satukan tekad Berantas diskriminasi dan KDRT Selimuti anak-anak bangsa dengan jiwa Pancasilais dan Bhineka Tunggal Ika Berjuanglah untuk kesetaraan gender.... Walau aku disabilitas... Aku juga Kartini Tiang awan, tiang api bangsa dan negriku.

Potret Hitam Negeriku

“Mamak, Bang. Mamak....!” Dia kembali menangis. “Sudahlah Mimi sedang mimpi buruk. Sudah. Tidurlah.” “Mamak sama Bapak terkubur dinding rumah Andung di kampung, Bang!” “Mimpi itu sudahlah. Doakan saja semoga mereka sehat selalu. Lahir dan batin.” Dia masih sesenggukan. “Sekarang begini saja, Mimi jaga rumah, ya. Abang mau memeriksa rumah mamak dulu.” Lama dia menatap wajahku. Dia masih sesenggukan, sampai memberi sinyal setuju. Dia mengangguk. Tanpa menunggu aba-aba lagi segera aku memakai mantel dan membawa payung, beserta senter. Istriku hanya diam sambil memberikan kunci rumah. Segera aku berangkat menembus rapatnya baris-baris hujan. Sepanjang jalan, wajah kedua mertuakupun tak kalah menderasnya singgah di pikiranku.Terus-menerus aku berdoa, semoga semuanya baik-baik saja. Begitu sampai, aku segera membuka gerbang. Memeriksa rumah bagian depan. Lalu, memeriksa bagian sisi kiri dan kanan. Bagian langit-langit dan teras. Setelah merasa aman, aku membuka pintu dan masuk ke dalam. Kuperiksa ruangan keseluruhan. Tidak ada yang luput dari perhatianku. Termasuk memeriksa setiap kamar tidur, dapur dan kamar mandi. Juga memeriksa bagian belakang rumah. Aman, pikirku. Segera aku keluar rumah. Tetapi sepanjang perjalanan masih juga wajah mertuaku silih berganti singgah di benakku. Dan kali ini wajah itu begitu miris. Perasaanku semakin cemas saja ketika wajah istriku juga ikut hadir memenuhi ruang gundahku. Kupercepat langkah. Jalanan yang menggenang dan berlumpur tidak kuhiraukan. Termasuk ketika sebuah sepeda motor hampir menabrakku. Tak kuhiraukan makian pengendaranya. Aku berjalan terus. Di depan pintu rumahku, dadaku bergemuruh kencang. Guntur seolah menyambar-sambar di atas kepala. Dari dalam rumah kudengar jeritan tangis anak-anakku. Begitu menyayat. “Mimi.....! Bangun....! Mimi...! Bangun....!” Aku tidak menunggu lagi. Kubuka pintu. Di depanku kulihat istriku tergeletak. Di sisinya, anak-anankku menghunjam tangis. “Mimi....! Bangun...! Mimi....! Bangun....!” Kudekati istriku. “Papa....Mimi, Pa...!” Menurut cerita anak-anakku, istriku menjerit-jerit histeris. Lalu, anak-anakku terbangun. Begitu mereka melihat istriku yang histeris, anak-anakku segera mendekat. Dan istriku pingsan. Kuguncang kembali tubuh istriku yang lemah tak berdaya. Dia belum juga siuman. Di tangannya sebuah HP masih terlihat tergenggam dengan erat. Istriku baru sadar dari pingsannya, setelah kubalur dengan minyak kayu putih dan memijit-pijit tubuhnya sambil membaca doa-doa. Syukur setelah itu dia sadar. Dia lalu memelukku. Tangisnya kembali pecah. “Mamak, Bang! Mamak......!” Kupeluk istriku. Kudekap ia agar lebih tenang, tetapi kembali ia tak sadarkan diri. Aku tersentak. Dadaku berdetak. Anak-anakku menangis. Tangis mereka meledak-ledak. Akupun berusaha untuk tenang. Setelah menenangkan anakanakku, kupindahkan tubuh istriku yang tak sadarkan diri ke atas tempat tidur. HP yang tergenggam ditangannya terlepas. Anakanaku segera mengutipnya. Setelah semuanya terkendali, kuambil HP yang tadi sempat diambil dari genggaman istriku yang terlepas. Perlahan kulihat isi pesan yang sempat dibuka istriku. Isinya singkat saja, Kak, Pariaman gempa. 7, 6 SR. Rumah Andung hancur. Mamak..... SMS terputus. Setelah membaca pesan itu. Guntur dan kilat seolah saling bersahutan. Senandung saluang di kepalaku menderas. Hujan menderas. Suara sirine semakin meraung-raung, memekakkan telinga. Persis di sini. Di sesak dadaku. Kembali kupeluk istriku. Erat. Erat sekali......

Dengan kegelapan malam yang tak berbintang Aku melangkah... aku berjalan... Meraba laksana orang buta Oh aku... Aku tersesat!!! Aku keliru Aku berjalan tanpa sinar Aku berjalan tanpa cahaya Cahaya penembus tabir kegelapan Aku merenung Aku berpikir Aku butuh cahayamu Cahaya mutiara kalammu Akan kutuntut!!! Akan kucari walaupun di mana Biarpun jiwa dan raga jadi korban Aku tak perduli... Nikmat dan janjimu tetap kudambakan Kebahagiaan bagiku kekal abadi Karya: Yuni Simamora

Arti Kata Tanpa Perbuatan Sayang... Tapi tak ada perbuatan Cinta... Tapi tak ada pengorbanan Mustahil? Tidak mungkin... Aneh? Benar... Lucu? Terbukti... Semua hanya perkataan Tapi tak ada pengorbanan Apa arti cinta dan sayang Tanpa perbuatan?

Karya: Ilham Syahputra

Keindahan Di Ujung Hari For Old Mendel Class Mentari telah lelah menyinari Menguncup, hilang dan mati Rembulan telah siap menanti Memacu kuda tuk maju di bala pertempuran sedang berakrir Rintikan air kehidupan menyinari bola suci ini Merundukkan bulu-bulu yang lelah kedinginan Berlian putih mulai muncul di tiap sudut lorong Mengibas-ngibas angin malam Atap dunia tak cerah lagi Hitam kelam menjadi rauh Hilir mudik pasar hampir tak terdengar Petani mulai mengingkarkan perompaannya Menuju keabadian mereka Induk ayam sibuk menggiring bocah kecilnya Serigala berseru siap melakukan tugasnya Mendengungkan seluruh isi rimba Kala indahnya kehidupan di ujung hari Karya: Nurfirman AS

Episode Bahagia dengan tulus kunikmati senyuman ini dan adegan-adegan yang merdeka dalam setiap gerak yang dihidangkan pada perjalanan malam ini kuacungkan keceriaanku pada telapak kaki yang memberi irama tak pasti lalu kita terbenam dalam kelarutan episode ini

Terimakasih atas atensi para penulis yang telah mengirimkan karya cerpen dan puisi ke Redaksi Harian Waspada Jalan Letjen Suprapto No.1 Medan maupun email sunanlangkat@yahoo.com

Kesehatan

B4

Dapatkah Lansia Mengambil Keputusan Di Dalam Perawatannya ? Konsep bahwa setiap orang dewasa dengan pikiran yang sehat, termasuk lanjut usia (lansia) mempunyai hak untuk dapat membuat dan mengambil keputusan tentang apa yang akan dilakukannya, telah lama diterima sebagai suatu norma, yang dikenal sebagai otonomi (self determination), yang merupakan landasan bagi lansia untuk menentukan keinginannya tentang apa yang akan dilakukan dokter terhadap dirinya di dalam perawatannya. Sungguhpun demikian, hal ini tidaklah berarti dokter harus bersikap pasif saja tentang tindakan yang akan dilakukannya terhadap penderita tersebut, tetapi dokter perlu pula menjelaskan dengan bahasa dan cara yang tepat kepada penderita sehingga penderita dapat menentukan pilihannya untuk perawatan dirinya. Hal ini perlu disadari bahwa penyebab yang paling sering mengapa penderita menolak perawatannya adalah karena kesalahfahaman atau miskomunikasi antara penderita dan dokter. Jika penderita sudah tidak mampu lagi untuk membuat keputusan mengenai perawatan dirinya maka keinginannya yang diungkapkan sebelumnya perlu pula diperhatikan.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam perawatan lansia, yaitu: 1. Kecakapan atau kemampuan mengambil keputusan Dengan kecakapan bertindak yang ada pada seseorang maka ia dapat menentukan pilihannya, yang erat kaitannya dengan status kejiwaan, kemampuan memberikan pertimbangan, dan daya ingat jangka pendek dari lansia tersebut (daya ingat akan peristiwa yang terjadi pada 30 menit yang lalu). Pada kenyataannya masih ada lansia yang dilakukan tindakan medik di dalam perawatannya tanpa dimintakan dulu persetujuannya. 2. Tidak perlu waspada sepanjang waktu untuk mendapatkan keputusan Seorang lansia adakalanya di dalam mengambil keputusan berfluktuasi, artinya pada waktu tertentu ia mampu dan pada waktu tertentu tidak mampu pula. Dalam hal ini, keputusan dapat dibuat pada saat pikiran penderita sedang baik. 3. Terganggunya daya ingat jangka pendek Lansia yang daya ingat jangka pendek terganggu bisa saja masih mampu mempertimbangkan pili-

hannya di dalam menentukan tindakan medik yang akan dilakukan kepadanya. Misalnya, penderita sudah lama menentukan pilihannya tersebut dan hal ini didukung pula dengan pernyataan dari orang lain. 4.Pemulangan dan penempatan penderita lansia di institusi Penderita lansia yang mampu membuat keputusan maka keputusan seperti penolakan terhadap perawatan yang diperlukan ini dipandang memadai secara hukum. Penderita yang dinyatakan mampu membuat keputusan tidak boleh ditempatkan di dalam fasilitas perawatan atau institusi/ panti jompo jika penderita keberatan akan hal ini, kecuali atas perintah pengadilan. Penderita lansia mem-punyai hak untuk menolak ditempatkan di dalam fasilitas perawatan atau panti jompo, kecuali jika hak atau kepentingan orang lain akan terganggu (dr.Pirma Siburian SpPD, K Ger, ahli penyakit dalam dan penyakit lansia, Klinik Spesialis Bunda Medan)

Obesitas Picu Gangguan Kesehatan Prevelensi gemuk dan obesitas pada penduduk di atas usia 18 tahun tahun 2010 menunjukkan angka cukup tinggi. Terdapat 21,7 persen penduduk di atas usia 18 tahun yang masuk golongan gemuk dan obesitas. Hal ini cukup mengkhawatirkan. Karena saat ini sudah ada lebih dari 20 persen orang dewasa yang kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan dan obesitas ini menyebabkan penyakit degeneratif yang bisa memicu pada kematian. Di antaranya penyakit degeneratif yang cenderung menyerang orang berkelebihan berat badan adalah jantung, darah tinggi, kolersterol dan asam urat. Prevalensi kelebihan berat badan dan obesitas lebih banyak diderita oleh perempuan. Laki-laki memiliki prevalensi 16,3 sedangkan perempuan memiliki prevalensi 26,9. Sementara untuk prevaLensi kurus sebesar 12,6. Dan prevalensi normal sebesar 65,8. Situasi konsumsi pangan di Indonesia berdasarkan data Badan Ketahanan Pangan 2009 me-nunjukkan bahwa padipadian serta minyak dan mineral sudah melebihi batas anjuran. Obesitas atau kegemukan dapat memicu gang-guan pada kesehatan. Untuk itu masyarakat harus selalu berupaya menjaga kondisi tubuhnya. Kalau tubuh sudah mulai mengalami gangguan metabolisme dapat menyebabkan gangguan kesehatan bila tidak segera menanganinya dengan baik. Ganguan kesehatan itu seperti diabetes miletus, penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke, perlemakan hati dan gagal jantung. Obesitas dan syndrome metabolic merupakan masalah kesehatan yang perlu mendapatkan perhatian bagi masyarakat maupun klinisi. Meski tidak merasa sakit, orang yang mengalami obesitas sentral perlu waspada karena di dalam tubuh sudah mulai mengalami gangguan metabolisme, terutama kolesterol dan karbohidrat, hingga memicu peradangan kronis.

C a r a m u d a h untuk mengetahui obesitas sentral cukup mudah, yakni dengan mengukur lingkar perut. Obesitas sentral, bila lingkar perut laki-laki lebih dari 90 sentimeter dan lingk a r

perempuan di atas 80 cm. Untuk menghindari obesitas seseorang perlu menerapkan pengaturan pola makan untuk menurunkan berat badan. Manfaat pengaturan makan dalam upaya menurunkan berat badan secara bertahap harus terus dilakukan dan harus terus dipertahanankan jika ingin program menurunkan berat badan berhasil. Ada beberapa pola diet yakni diet rendah kalori, energi defisit diet, rendah karbohidrat dan penyeimbangan kalori diet. Prinsip dasar pola diet ini adalah mengurangi porsi makanan, mengurangi asupan energi sehari dengan membatasi lemak, tinggi sayuran dan buah serta cukup protein. Jenis olahraga yang dilakukan yakni aerobik, jalan kaki, bersepeda, renang dan

sebagainya. Sebuah penelitian dari Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) menyebut salah satu sumber pemicu utama obesitas pada anak adalah gula berlebih yang terkandung dalam susu formu-la. PDGMI lebih jauh mengatakan telah terjadi tren kegemukan di kalangan anak-anak belakangan ini, sehingga para orangtua perlu mencermati asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh anak-anaknya. Merujuk pada anjuran WHO, asupan gula tambahan yang direkomendasikan tidak disa-rankan melebihi 10 persen dari total energi yang dikonsumsi. Tujuannya, menghindari kelebihan energi dalam tubuh anak. Anak usia 1 hingga 3 tahun maksimal mengkonsumsi gula lima sendok teh (25 gram) gula per hari, sedangkan anak usia 4 hingga 6 tahun maksimal delapan sendok teh (38 gram) gula per hari, dari total keseluruhan makanan dan minumannya. Di samping obesitas, kelebihan energi pada tubuh juga dapat menyebabkan karies gigi dan membangun kebiasaan pola makan kurang baik ketika anak beranjak dewasa. Sedangkan hasil dari riset Medical Research Unit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyimpulkan sebagian besar anak memiliki status gizi baik dan tidak ada anak yang menderita gizi buruk, tetapi justru ditemukan 7,7 persen anak yang memiliki gizi lebih alias berstatus kegemukan. Riset tersebut dilakukan terhadap 100 anak usia 3-6 tahun di tiga Taman Kanak-kanak (TK) dan satu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Jakarta dalam periode Maret-April 2011. Asupan gula harian (sukrosa, glukosa, fruk-tosa, dan laktosa) memberikan kontribusi lebih dari 10 persen terhadap total kalori. Asupan gula terbanyak adalah sukrosa 49,45 gram dan terbanyak berasal dari konsumsi susu. *dr Rini Sekar

9 Gejala Stres yang Dirasakan oleh Tubuh Stres tidak hanya ditandai dengan mudah marah, kurangnya konsentrasi dan suasana hati yang buruk. Badan akan merespons gejala stres terlebih dahulu sebelum pikiran Anda menyadari bahwa Anda menderita stres dengan menunjukkan tanda-tanda tertentu. Berikut 9 tanda stres yang dirasakan oleh tubuh Anda secara diam-diam seperti dikutip dari prevention, Jumat (20/4/2012) antara lain: 1. Sakit kepala “Stres yang tiba-tiba dapat mengakibatkan Anda terserang migrain. Tidur dan makanlah secara teratur untuk meminimalkan sakit kepala dan minumlah obat-obatan yang alami untuk meringankannya,” kata Todd Schwedt, MD, kepala University Headache Center di Washington. 2. Kram Perut Studi di Harvard menemukan bahwa wanita yang mengalami stres pada periode menstruasinya akan mengalami kram perut dua kali lipat lebih menyakitkan daripada biasanya. Hal ini karena ketidakseimbangan yang disebabkan oleh hormon stres. Berolahraga ringan dapat mengurangi aktivitas sistem saraf simpatik yang dapat menenangkan kram dan stres. 3. Sakit Rahang Gigi yang bergemeretak ketika tidur dapat diperburuk oleh stres hingga menyebabkan rasa sakit pada rahang. Konsultasikan pada dokter gigi Anda tentang masalah pada rahang tersebut juga konsultasikan bagaimana cara mengatasi gigi yang bergemeretak ketika tidur. 4. Mimpi Buruk Ketika Anda sedang stres, Anda akan lebih sering terbangun dan memungkinkan citra yang tidak menyenangkan muncul dalam mimpi Anda

Tips:

sepanjang malam. Kebiasaan tidur yang baik dapat membantu mencegah hal ini. Pastikan Anda tidur 7 sampai 8 jam setiap malam, dan hindari mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol sebelum tidur. 5. Pendarahan Gusi Menurut penelitian di Brasil, orang yang stres memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit periodontal. Peningkatan hormon stres dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan memung-kinkan bakteri untuk menyerang gusi. Rajinlah menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut Anda. 6. Munculnya Jerawat Stres meningkatkan peradangan yang menyebabkan jera-wat. Anda dapat mencegah pertumbuhan jerawat de-ngan menggunakan lotion yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide yang membasmi bakteri penyebab jerawat, juga pakailah pelembab noncomedogenic sehingga kulit tidak terlalu kering. 7. Kulit Gatal Sebuah penelitian di Jepang baru-baru ini terhadap lebih dari 2.000 orang menemukan bahwa orang yang stres memiliki kemungkinan menderita gatal kronis, atau pruritus dua kali lipat lebih besar. Perasaan cemas atau tegang juga memperburuk kondisi yang mendasari penyakit kulit lainnya seperti dermatitis dan eksim psoriasis. Hormon stres mengaktifkan serabut saraf yang menyebabkan sensasi gatal.

termasuk nasi. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mual saat hamil ini diantaranya: 1. Konsumsi Gizi Seimbang Pilihlah makanan yang tinggi karbohidrat dan protein. Konsumsi juga buah dan sayuran. Makanlah dalam porsi sedikit tapi sering. Hal ini untuk mencegah perut kosong dan mempertahankan kestabilan kadar gula darah. 2. Bergerak Perlahan Jangan terburu-buru saat bangun pagi, duduklah terlebih dulu dan perlahan-lahan mulai berdiri. 3. Hindari Pemicu Mual

Minggu 22 April 2012

INFO KESEHATAN

Apoteker Tidak Boleh Masuki Wilayah Profesi Dokter SEORANG apoteker dilarang memasuki wilayah kerja profesional lainnya di bidang medis, seperti dokter, para analisis kesehatan lainnya, untuk menghindari medication error atau salah pengobatan atau salah mengidenfikasi masalah kesehatan pasien. Artinya, seorang apoteker tidak boleh merasa lebih tahu soal obat sehingga sesukanya mengabaikan identifikasi dokter terhadapm pasiennya. Semua ada sistem, aturan dan etika profesi yang harus dihormati. Begitu juga dengan para dokter, jangan pula menuliskan identikasi penyakit pasien dengan tulisan yang tidak terbaca. Jadi, kalau semua saling mengerti tugas masing-masing, maka tidak akan ada pasien yang dirugikan. Demikian Wakil Sekretaris Ikatan Apoteker Indonesia Nunut Rubiyanto Apt pada Seminar Nasional Pendidikan, Kesehatan dan Kefarmasian yang dilaksanakan Pemerintahan Mahasiswa FMIPA Farmasi Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Farmasi Indonesia (ISMAFARSI) Sumut di Hotel Madani Medan yang dibuka langsung Rektor UMN Al-Washliyah DrsH Kondar Siregar MA. Turut hadir Wakil Rektor I UMN Al-Washliyah Prof. Dr.H. Ahmad Laut Hasibuan MPd, WR II, Drs.H. Zuberuddin Siregar MM, WR III Drs.H. Milhan Yusuf MA, Dekan Farmasi UMN Dr. H. Pandapotan Nasution Apt, Korwil ISMAFARSI Wil Sumatera I, TM Haris Nata, Ketua Pema FMIPA UMN Ilhamsyah Harahap, Ketua Panitia Mhd. Faisal dan ratusan mahasiswa Farmasi dari Univ.. Tjut Nyak Dien, USU, Politekkes, UMN dan lainnya. Menurut Nunut, tugas seorang apoteker sebenarnya cukup penting di bidang kesehatan dalam rangkaian pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan , pengadaan penyimpa-

nan dan pendistribusian obat, pelayanan resep dokter, pelayanan informasi obat serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional. Jadi, tugas ini harus dilakukan tenaga kesehatan yang mempunyai keahlian dan kewenangan sesuai dengan peraturan perundangundangan, antara lain UU 39 Tahun 2006 Tentang Kesehatan dan PP 51 Tahun 2009 tentang Kefarmasian. Bahkan dalam ketentuan perundang-undangan ini, apoteker menjadi satu-satunya pemilik otoritas praktek kefarmasian, dengan peran yang signifikan melakukann tindaklan apoteker berdasarkan asuhan kefarmasian dengan obat sebagai media pelayanan. Sementara pembicara lainnya, Prof Dr. Elly Wahyuddin DEA, Apt Dari Dikti Jakarta, Prof Dr. Sumadion Hadisaputra Apt selaku Dekan Fakultas Farmasi USU mengutarakan berbagai hal menyangkut pentingnya akreditasi perguruan tinggi yang mengelola pendidikan kefarmasian agar outputnya lebih mendapat kepercayaan pemerintah sebagai tenaga kefarmasian. Sementara itu Rektor UMN Al-Washliyah Drs.H. Kondar Siregar MA berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin untuk menggali wawasan kefermasiaan bagi mahasiswa farmasi. Rektor juga menyampaikan rasa bangga dan gembiranya atas pelaksanaan kegiatan kefermasian bertaraf nasiuonal yang diprakarsai mahasiswa UMN bekerjasama dengan ISMAFARSI. Ini membuktikan mahasiswa Farmasi UMN semakin dihargai ditengah-tengah geliat pendidikan tinggi. Ini jugalah yuang membuat setiap tahunnya lulusan Farmasi UMN diminati bursa kerja yang sesuai bidang kefarmasian,” ujarnya. (m30)

Hindari Penyakit, Lansia Harus Tetap Kreatif Pentingnya keberadaan Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) merupakan hal yang harus diperhatikan sejak dini. Hal ini erat kaitannya untuk menghindari kebosanan dan ketakutan menjelang lanjut usia (Lansia). Banyak Lansia di Indonsia belum siap menghadapi masa tuanya. Ini erat kaitannya dengan faktor psikologis,” kata Nyimas Aliah dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak RI pada acara sosialisasi LPPLU Pemko Medan 2012. Aliah mengatakan LPPLU dieratkan dan diatur dengan Permen PP & PA No 24 Tahun 2010 tentang model perlindungan perempuan lanjut usia yang responsif gender. Dikatakannya, para ibu lanjut usia harus kreatif untuk mencari kesibukan diri sehingga terlepas dari berbagai penyakit. Dengan banyak menyibukkan diri atau tetap beraktivitas akan membuat tubuh lebih sehat dan tetap terhindar dari penyakit. Banyak hal yang dilakukan para Lansia untuk tidak bosan dan terhindar dari penyakit. Seperti membuka usaha kecil-kecilan dan mengikuti berbagai kegiatan bakti sosial yang lainnya,” terang Aliah. Selain itu Aliah juga mengatakan agar tetap responsif pada pribadi dan lingkungan sehingga tetap dapat terlindungi dari halhal yang dapat merusak diri secara fisik dan mental. Namun Aliah juga mengatakan yang tidak kalah penting untuk diperhatikan para ibu Lansia yakni kondisi dan permasalahan yang berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan, mental, spritual, budaya, hukum, lingkungan dan politik. Ini dapat erat kaitannya dengan hilangnya

peran sosial dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Ketidaksiapan finansial, lansia tetap harus bekerja, terangnya. Disamping itu juga, identik dengan menurunnya kesehatan, buta huruf dan berpendidikan rendah, sehingga menghambat akses. Tidak siap secara psikologis untuk menghadapi masa tua. Disamping itu juga terdapat perubahan nilainilai budaya generasi. “Ini dapat kita lihat dirampasnya hak hak politik dan terbenam dalam lingkungan kotor dan tidak sehat ini juga sangat banyak dialami para Lansia. Selain itu masih banyak para Lansia yang bekerja berat yang seharusnya sudah saatnya menikmati masa tuanya. Namun karena tidak memiliki keuangan yang cukup hal, bekerja berat terpaksa harus dilakukannya,” ungkapnya. Sementara itu Kepala Badan PP & KB Kota Medan Abdul Muluk Dalimunthe, SH mengatakan pentingnya memperhatikan para Lansia harus sejak dini diperhatikan. Keberadaan Lansia harus tetap diperdulikan. Ini dilakukan untuk tetap memberikan perhatian dan pengembangan bagi dirinya secara berkesinambungan. Muluk mengajak masyarakat agar samasama melakukan hal yang terbaik untuk menjaga dan memperdulikan para perempuan Lansia. Memberikan fasilitas secara merata dan hak-haknya di masa tuanya. Hadir dalam aosialisasi tersebut yakni Pemrakarsa Lansia Pemko Medan Bunda Rohani Riduan,86, yang telah berhasil mengangkat derajat kaum Lansia yang terlantar di Sumut secara umum dan secara khusus di Kota Medan. *Optima Manalu, staf Badan PP dan KB Kota Medan

Bagaimana Diet untuk Penderita Darah Tinggi & Asam Urat? 8. Alergi semakin Parah Pada penelitian yang dilakukan tahun 2008 di Ohio State University College of Medicine menemukan bahwa penderita alergi yang sedang stres akan menunjukkan gejala alergi yang lebih serius. Hormon stres dapat merangsang produksi IgE, protein darah yang menimbulkan reaksi terhadap alergi. 9. Sakit Perut Kecemasan dan stres dapat menyebabkan sakit perut, bersama dengan sakit kepala, sakit punggung, dan insomnia. (det.)

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Rasa mual dan muntah banyak dialami oleh ibu hamil, bahkan rasa mual tersebut sering diisyaratkan sebagai tanda awal kehamilan. Keluhan mual dan muntah (morning sickness) umumnya terjadi pada trimester pertama kehamilan, terutama pada kehamilan pertama, dan akan hilang dengan sendirinya seiring memasuki trimster kedua dan ketiga. Meski dinilai normal dan wajar, rasa mual saat hamil dapat menghambat aktivitas, bahkan dapat membuat ibu dan janin kekurangan gizi. Karena dalam banyak kasus, calon ibu merasa mual dan muntah saat mencium bau makanan,

WASPADA

Setiap ibu hamil memiliki hal-hal tertentu yang dapat memicu mual, seperti parfum atau makanan berbau tajam. 4. Konsumsi Jahe Untuk pengobatan tradisional, jahe adalah pilihan yang tepat. Konsumsi jahe sesuai selera anda, misalnya dibuat minuman ataupun langsung dikunyah. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, rasa mual saat hamil adalah hal yang normal dan akan menjadi pengalaman tersendiri saat anda mengandung. (det) Semoga bermanfaat.

Seorang pria lajang berusia 25 tahun dengan tinggi badan 175 cm dan berat badan 72 kg pernah bertanya pada saya. Pria lajang tersebut pekerja kantoran yang sering berkeringat dan jarang berolahraga. Pria lajang itu memiliki darah tinggi 140/90 dan asam urat. Dia bertanya apa saja yang harus dia lakukan untuk sembuh dari segi diet makanan, karena selama ini dia belum pernah sekalipun mengkonsumsi obat-obatan. Untuk permasalahan yang dihadapi pria lajang yang kita sebut saja si Andi, untuk mengatasi permasalahnya lebih baik jika Andi mulai beraktifitas. Tidak harus berolahraga berat sampai lari-lari atau ke gym. Andi dapat memulai dengan naik turun tangga di kantor jika hanya berjarak 1-2 lantai, parkir atau turun dari angkutan agak lebih jauh dari kantor dan sebagainya. Dari segi makanan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk asam urat sifatnya mencegah serangan ngilu sendi (akut) juga jangka panjang, sedangkan untuk darah tinggi sifatnya untuk pencegahan jangka panjang. Asam urat disebabkan oleh meningkatnya asam urat (uric acid) dalam darah dan menumpuknya kristal asam urat pada persendian. Keadaan ini dapat disebabkan oleh keturunan, dehidrasi atau penggunaan obat diuretik (untuk mengeluarkan air dalam bentuk air seni), minum alkohol terlalu banyak atau makan makanan yang tinggi asam urat. Rekomendasi untuk asam urat agar mengurangi daging merah, organ dalam hewan (otak, hati, dsb), udang, scallops, oyster, kerangkerangan, ikan asin, ikan sarden, mackerel, makanan hasil fermentasi ragi, konsumsi produk susu rendah lemak dan pastikan meng-

konsumsi makanan ber-Omega 3 (seperti ikan tuna, salmon, walnut, linseed, flaxseed, minyak canola atau suplemen minyak ikan) untuk mengurangi bengkak dan/atau ngilu pada persendian, sedapat mungkin hindari alkohol dan pastikan tidak dehidrasi. Sedangkan darah tinggi atau hipertensi dapat berefek jangka panjang dengan mempercepat penumpukan lemak dalam pembuluh darah (artherosclerosis). Artherosclerosis juga dapat dipercepat dengan merokok dan kadar kolesterol yang tinggi. Jika dibiarkan terus hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, stroke dan sakit ginjal. Darah tinggi dapat disebabkan oleh faktor genetik maupun gaya hidup yang kurang baik seperti obesitas, kurang berolahraga, diet yang tinggi garam dan banyak minum minuman beralkohol. Efek darah tinggi pada pembuluh darah dapat diperburuk dengan adanya kondisi merokok, diabetes, diet tinggi lemak jenuh dan tingginya kadar kolesterol dalam darah. Rekomendasi umum untuk mencegah darah tinggi adalah pastikan diet rendah lemak jenuh (goreng-gorengan, makanan daging yang diproses seperti makanan kaleng, sosis, snack, lemak-lemak dan kulit yang menempel pada ayam / daging, susu full krim), kurangi asupan garam dengan cara mengurangi asupan makanan yang sudah jadi (dari supermarket, restaurant maupun pedagang asongan), perbanyak asupan serat dalam diet dengan cara menambah porsi sayuran dan menjadikan potongan buah segar sebagai cemilan, hindari merokok dan alkohol. *dr Lily

Kuliner

WASPADA Minggu 22 April 2012

B5

Aneka Sup Ala Mak Ati SUP dengan cita rasa berbeda seringkali menjadi alasan seseorang untuk mampir ke resto ternama guna menikmati sensasi rasanya. Resto Mak Ati di Jalan Krakatau Medan salah satu tempat untuk menikmati sajian sup yang berbeda. Apalagi sejak pagi hari tempat ini sudah melayani konsumen. Mengapa berbeda ? Sebab, daging yang dijadikan bahan untuk sup adalah impor. Di samping itu, kaldu untuk melezatkan sup dibuat sendiri oleh juru masak di sini. “Kami memang tahu selera konsumen dan aspek kesehatan tubuh dengan kaldu buatan dan menghindari penyedap rasa,” kata Mita Menejer di restoran itu. Aneka sup dengan perpaduan sayuran atau

campuran kacang merah yang begitu lembut menjadi pilihan pengunjung. Tak heran, jika setiap pengunjung akan memesan sup ini. Empuknya kacang merah dipadu dengan kuah sup dan sedikit sayuran yang tidak terlalu matang, menambah enaknya sajian sup ini. Sup buntut, sup buntut goreng, sup lidah, sup lidah tomat, sup ikan asam,sup ayam merica dan sup kambing. Adalah pilihan lain di resto yang satu kawasan dengan bengkel sehat ini. Apalagi, aneka

Tumis Udang Cabe Hijau

Asyiknya pengunjung menyantap sajian sup Mak Ati

nama sup memang disesuaikan dengan jenis daging dan pengolahannya. Dengan begitu akan terasa berbeda cita rasa yang diinginkan. “Umumnya semua jenis sup disukai pengunjug,”jelas Mita lagi. Memang benar, para pengjung yang ingin

Sup kacang merah yang sangat digemari

bersantap siap di resto ini rata-rata memilih sup. Sehingga para juru masak selalu siap sedia untuk menerima order pesanan dari pengunjung. Sensasi lainnya di tempat ini, meski aneka masakannya serba sup, namun yang ingin menikmati pedas dan gurihnya rasa cabai, bisa menikmatinya. Pesan saja sambal ijo udang. Irisan cabai hijau dipadu bumbu lainnya dan itisan kecombrang mampu membangkitkan nafsu makan. R esto yang satu kompleks dengan Bengkel Sehat ini juga menyiapkan aneka jus yang disesuaikan dengan nama kegiatan perbengkelanan seperti jus turn up. Mencicipi sup memang bukan hal baru bagi masyarakat kita, tapi dengan beragam jenis nama dan olahan yang sedikit berbeda, tentu saja sup tetap menjadi makanan idola bagi yang menyukainya. Naskah dan foto : Anum Saskia

Nasi Gurih Dendeng Untuk Sarapan Pagi

Nasi gurih, soto ayam mi ayam, rendang ayam, daging serta dendeng yang bisa jadi pilihan.

Menikmati Sajian Kuliner Di Belawan

Waspada/Hamdani RUMAH makan seafood di ujung Jalan Karo, Belawan sudah sangat terkenal. Bukan hanya warga Medan yang sering menikmati berbagai menu ikan segar disini, tetapi juga warga Jakarta bahkan luar negeri wajib makan siang di tempat ini jika berkunjung ke Belawan. Lokasinya strategis di pinggiran dermaga salah satu

instansi pemerintahan (KPLP) Belawan, sehingga sambil menikmati menu laut, kita mendapat bonus hembusan angin laut yang sejuk. Rombongan wartawan Waspada “dimotori” Redaktur Kota Medan David Swayana baru-baru ini menyempatkan santap siang di rumah makan yang suasanya terbuka itu. Berbagai menu dihidang, mu-

lai ikan kerapu bakar, udang goreng dan udang asam manis, sotong bakar dan lain sebagainya. Menu itu dilengkapi pula dengan sayuran segar dan tak ketinggalan cang kangkung yang rasanya ciamik, tempe tahu, serta juice segar aneka rasa sebagai pencuci mulut. Makan ramai-ramai menjadi bertambah klop dengan hadirnya Kepala Imigrasi

Belawan Sunardi, SH bersama beberapa stafnya di tengah-tengah rombongan Waspada. Pembicaraan terkait tugas pokok imigrasi, juga tugas dan fungsi wartawan muncul, dan keakraban siang itu sangat terasa dikarenakan Sunardi ternyata satu alumni pula dengan salah satu wartawan Waspada, Feirizal Purba di SMA Negeri 3.(m27)

SARAPAN pagi menjadi kebutuhan yang tak terabaikan bagi masyarakat. Aneka menu seperti nasi gurih yang dilengkapi dengan lauk dan sedikit dendeng menjadi makanan khas di Warkop Sejati di Jalan Bintang Simpang Merbabu Medan. Warung ini sebenarnya pernah populer di Jalan Surabaya Medan, namun seiring perjalanan waktu pengelolanya pindah ke kawasan ini. Lokasinya yang lumayan strategis di persimpangan jalan ini memudahkan masyarakat untuk singgah dan menikmati sajian beraneka menu. Bang Zul, begitu pengelola usaha ini dipanggil. Pengalamannya berjualan selama puluhan tahun meyakinkan konsumen tentang rasa yang disuguhkan dari setiap masakan yang ada di warkop itu. Nasi gurih yang dipadu dengan beragam lauk termasuk dendeng goreng kering menambah lezatnya makanan ini. Sedikit kerupuk dan cabai siram dan bumbu khas serundeng menambah rasa-nya yang gurih. Jika ingin variasi lainnya, ada nasi soto dengan kuah santan yang ken-tal dan sedikit taburan cabai dan perkedel yang membuat aromanya harum. “Banyak pilihan, tapi yang paling banyak dibeli pelang-gan nasi gurih. Buka warung sejak pagi, siangnya sudah tutup,”kata Zul kemarin. Selain sajian nasi ada juga mi ayam. Mi yang diolah secara turun temurun oleh keluarga Aheng ini diramu khusus agar rasanya bisa diandalkan. “Peminatnya lumayan juga, karena mi buatan kami adalah buatan asli yang dijaga keaslian dan tidak pakai pengawet.

Saat disajikan benarbenar alami. Bagi pecinta mi, pasti sudah tahu kalau sejak dahulu keluarga kami mengolah mi untuk bahan dasar mi ayam,”kata Aheng. Memang di Warkop Sejati ini ada dua pilihan. Jika ingin menikmati mi ayam saja, akan tersedia. Begitu juga jika ingin aneka makanan berat seperti nasi soto dan nasi gurih serta lupis bertabur

kelapa dan gula merah cair. Tidak Bosan Nania,21, seorang maha-siswa di kawasan itu mengaku senang menikmati nasi gurih Bang Zul. “Kalau saya menyebutnya nasi gurih Bang Zul. Karena dia yang jualan. Rasanya memang beda dari nasi gurih lainnya. Utamanya dendeng goreng yang garing rasa-

nya sangat berbeda dengan dendeng di tempat lain. Mungkin karena saya memang suka dendeng,”kata Nania. Dia memang nampak asyik menikmati dendeng hingga 3 potong dipiring dia santap dengan lahap. Menurutnya, serapan bumbu pada dendeng memberikan rasa yang gurih sehingga dia sangat menyukainya. Naskah & Foto Anum Saskia

Curhat

B6

Konsultasi Teknologi Informasi Diasuh oleh Codealgo

WASPADA Minggu 22 April 2012

Bantuin Aku, Dong?! BUAT yang punya problem, khusus remaja atau pelajar tapi susah buat dipecahkan, seperti masalah sekolah, pacar, ortu yang suka ngomel atau teman yang nyebelin, jangan bingung dulu. Tim Remaja Waspada dan Mbak Fifi yang nama lengkapnya Fidia Rizki, S.Psi, psikolog lulusan Universitas Medan Area akan mencoba membantu kamu mencari jalan solusinya. Silahkan kirim pertanyaan melalui SMS ke

No 0823 6476 6027

, Jawaban akan dibalas melalui Harian Waspada, jadi dimohon sabar menunggu. Tanya: Andik – Hp 6281380232xxx Pagi mbak, pakabar.. saya Andik.. seorang pelajar SMU … saya punya Band tapi belakangan ini kami mulai sering berbeda pendapat, jadinya sering bertengkar. Kalau gini terus takutnya band ini bubar, apa yang harus saya lakukan.. supaya kami tetap solid dan maju? Terimakasih atas jawabannya.

Dari : 0853700xxxxx Aslm codealgo, Saya Fairus dari Binjai. Gini, saya punya laptop dan jarang dipakai diluar, jadi sering dihubungkan langsung ke listrik. Menurut kata kawan, kalau make gitu aja, baterainya dilepas aja. Betul apa tidak? Jawab : Wslm Fairuz di Binjai, kami memang sering mendengar isu bahwa melepas baterai saat laptop sedang tersambung ke listrik dapat menghemat umur baterai. Hal tersebut sebenarnya tidak benar, listrik yang tersambung tidak akan merusak baterai karena baterai laptop sudah dirancang untuk membypass aliran listrik apabila baterai telah penuh. Lalu muncul pertanyaan, kenapa kebanyakan orang yang melepas baterai saat laptop tersambung ke listrik memiliki baterai lebih awet? Hal ini sebenarnya terjadi karena baterai akan berkurang umurnya apabila terkena panas. Seperti kita ketahui, laptop memiliki panas yang lebih besar daripada PC kebanyakan dikarenakan ukuran kipas dan ruang udara yang terbatas. Panas laptop ini secara tidak langsung akan terkena ke baterai sehingga mengurangi umur baterai. Saat laptop disambungkan ke listrik, berarti kemungkinan besar user akan menggunakan laptop untuk waktu yang cukup lama, pemakaian untuk waktu yang cukup lama ini tentu saja akan membuat laptop panas. Karena hal

tersebut, muncullah asumsi lepas baterai saat tercolok ke listrik hidup. Kami sangat tidak merekomendasikan hal tersebut, karena bukan merupakan best practice yang sebaiknya diterapkan. Apabila kamu tetap memutuskan melepas baterai saat laptop tersambung ke listrik, pastikan ada UPS yang mengcover laptop kamu sehingga apabila listrik byar peet hardware laptop kamu tidak akan rusak. Semoga dapat membantu, terima kasih. Dari : 0878922xxxxx Codealgo, saya punya laptop bermasalah, pada saat dihidupkan ada pesan NTDLR is missing. Apa penyebab dan solusinya? Terima kasih. Jawab : Hai, NTDLR adalah file penting dari sistem operasi windows yang dibutuhkan saat komputer melakukan start up. File ini memang mudah sekali rusak, bisa karena virus karena file ini merupakan target paling mudah, ataupun karena komputer sering mati tanpa melalui prosedur shut down. Untuk memperbaikinya cukup mudah, kamu bisa mengcopy file NTDLR dari CD windows ke drive dimana kamu meletakkan folder instalasi windows, atau kamu dapat merepair komputer kamu. semoga dapat membantu, terima kasih. Dari : 0878915xxxxx Aslm met pagi. Aku mau nanya kenapa ya kalau buka fb di hp memori penuh.

PEMBERITAHUAN : NB : Kirimkan pertanyaan kamu ke codealgo melalui nomor 081370311355 atau ke email codealgo@gmail.com. Setiap pertanyaan yang masuk akan kami jawab menggunakan metode FIFO (First In First Out). Codealgo hanya akan menjawab pertanyaan konsultasi melalui rubrik konsultasi Waspada. Kunjungi website kami untuk mengetahui produk dan jasa yang kami tawarkan di http://www.codealgo.com yang akan segera dilaunching dalam waktu dekat.

Terima kasih. Jawab : Wslm, kami membutuhkan beberapa informasi tambahan sebelum dapat menjawab pertanyaan kamu. apa jenis hp kamu? berapa memori internal yang tersedia pada hp kamu? apakah kamu menggunakan memori eksternal? Apakah hp kamu memiliki banyak aplikasi? Apakah situs lain bisa terbuka tanpa masalah? Semakin banyak detail yang diberikan akan sangat membantu kami dalam menjawab pertanyaan yang masuk, kami akan mencoba menjawab pertanyaan kamu secara umum, apabila saat membuka fb terjadi memori penuh, maka coba bersihkan cache memori hp kamu, setiap hp memiliki settingan yang berbeda untuk menghapus cache memori, jadi ikuti buku panduan hp yang kamu miliki tentang bagaimana cara menghapus cache memori. Bisa juga hal ini terjadi karena hp anda terserang virus sehingga memori hp penuh. Semoga dapat membantu, terima kasih. Dari : 0853612xxxxx Assalamualaikum Codealgo, saya mau nanya, aplikasi apa ya biar dapat mengubah rekaman seperti WAV, AMR, ke format MP3, terima kasih banyak Codealgo. Jawab : Waalaikumsalam, biasanya beberapa teman kami menggunakan Adobe audio atau CooleditPro untuk mengubah format wav atau amr ke Mp3. Ada banyak sekali software untuk mengubah format tersebut ke mp3, akan tetapi kualitas hasil konversi sangat bergantung dari settingan yang kamu lakukan. Setiap aplikasi memiliki settingan konversi tersendiri, kamu harus tahu settingan yang dibutuhkan agar hasil konversi dari file awal kamu ke file mp3 tetap memiliki

kualitas audio yang sama. Semoga dapat membantu, terima kasih. Dari : 0857601xxxxx Aslm bagaimana cara membuka deepfreeze yang kita lupa kodenya! Mohon dibalas ya! Jawab : Wslm, saat ini banyak sekali software yang bisa digunakan untuk membobol deepfreeze, beberapa diantaranya seperti Uninstall Deep Freeze atau Deep Freeze Cracker yang bisa didownload bebas di internet. Hal yang perlu diingat, setiap software cracking ini hanya berfungsi untuk versi-versi tertentu deep freeze, Deep Freeze Cracker saat ini hanya berfungsi untuk Deep Freeze versi 6. Jadi, carilah software cracking yang sesuai dengan versi deepfreeze yang mau kamu bobol. Semoga dapat membantu, terima kasih. Dari : 0812642xxxxx Selamat sore codealgo, saya mau tanya bagaimana cara mensavekan hasil convert teks berbentuk suara. Saya sudah punya aplikasinya namanya (talk it) saya sudah coba mensavekan tetapi tidka bisa terima kasih atas bantuannya. Jawab : Selamat sore, dari hasil uji coba kami, aplikasi talk it tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan hasil suara ke dalam format file. Apabila kamu tetap ingin menggunakan aplikasi tersebut, maka kamu harus memiliki microphone untuk menangkap suara yang dihasilkan aplikasi tersebut. tentu cara ini tidak efektif dan memakan banyak biaya, untuk itu kami merekomendasikan aplikasi lain yang memiliki fungsi sama namun bisa menyimpan suara untuk teks yang kita ketik, aplikasi tersebut adalah balabolka yang bisa didownload dari internet, semoga dapat membantu, terima kasih.

Jawab: Pagi Andik, kabar baik selalu Mbak senang membaca sms mu.. kamu termasuk remaja masa kini yang optimis dan suka kedamaian . Berbeda pendapat itu biasa.. karena tiap orang punya karakter dan unik, justru dengan perbedaan kita belajar mengenal karakter masing-masing. Yang penting bagaimana menyatukan perbedaan itu untuk satu tujuan (goal setting) yaitu mengutamakan kepentingan bersama memiliki band yang bisa tetap eksis dan solid. Menghadapi teman-teman sebaiknya coba bersikap terbuka buat ngomongin tentang band kalian.. duduk bersama dan mempersatukan pendapat supaya tumbuh satu kesepakatan… demi kemajuan group kalian. Mbak yakin kalian remaja masa kini yang cukup kreatif.. justru dengan keberagaman taste dan selera pasar music saat ini .. bisa menciptakan formula music yang bagus dan keren. Berbeda pendapat wajar siih… karena tiap orang itu punya ke khasan yang penting biar lagi ngotot beragumentasi kepala tetap dingin…, jadi bisa menemukan solusi tepat buat mempersatukan ide dan pendapat yang beragam. Mbak doakan kalian tetap bisa eksis dan kompak terus, salam Tanya: Safril – Hp 6281382461xxx Assalamualaikum, mbak Fifi yang baik.. saya safril seorang pelajar usia 16 tahun,. Mbak saya mau curhat… Saya orangnya kurang Percaya Diri, kurang berani ngambil resiko dan malu menghadapi perempuan. Apa yang harus saya lakukan supaya lebih berani dan PD makasih atas solusinya….. Tanya: Dianti – Hp 6285278753xxx Pagi mbak Fifi.. saya Dianti.Mbak kenapa yaa.. aku kurang PeDe bila masuk ke lingkungan yang baru dan bertemu dengan orang baru. Gimana yaa supaya bisa lebih percaya diri? Makasih atas jawabannya. Jawab: Waalaikumsalam, selamat pagi Safril dan Dianti Senang berkenalan dengan kalian… masalah percaya diri itu bukan bawaan lahir jadi masih bisa dibenahi asal ada kemauan. Kurang percaya diri bisa menghambat kita untuk lebih maju dan berkembang atau bahasa kerennya bisa lebih exist. Jadi kalian benar.. sudah saatnya PD mu harus lebih ditingkatkan. Kuncinya adalah membuat dirimu senyaman mungkin dan tidak mengkritik dirimu secara berlebihan. Percaya dee.. setiap orang punya kelebihan, jadi lakukan sesuatu

Konsultasi Remaja

agar potensimu jadi nyata. Engga harus langsung jadi number one dan juara, yang penting kamu sudah melakukan yang terbaik.. kalau belum berhasil dan kadang gagal.. tetap semangat dan usaha lagi. Biar lebih PeDe, kamu perlu dukungan baik dari teman dan keluarga. Yang bisa mensuport dan peduli pada dirimu. Sebaiknya berada di antara orang yang optimis dan semangat dibanding jika kalian berada di tengah orang yang pesimis dan suka menjatuhkan. Saran mbak, kenali minat, bakat dan potensi diri buat mengembangkan dirimu jadi lebih positip dan produktif. Dicoba yaa, semoga berhasil, salam. Tanya: Dion – Hp 628539924xxx Assalamualaikum.. mbak Fifi yg manis.. kenalkan aku Dion pelajar SMA. Mbak saya mau Tanya.. gimana ya supaya tahu cewe itu baik atau tidak, dan cara PDKT nya.. karena saya orangnya pemalu. Trima kasih atas jawabannya. Jawab: Waalaikumsalam, helo Dion Mengetahui seseorang itu baik atau tidak bisa dilihat dari kesehariannya.. apakah dia seorang yang baik dalam berteman, santun dengan yang lebih tua dan sayang dengan keluarganya bisa kelihatan, tapi kalau hanya sesekali bertemu, bisa saja yang ditampilkan berbeda atau hanya yang bagus-bagusnya saja supaya terkesan baik. Orang yang memiliki good personality (kepribadian yang oke) biasanya tercermin dari pribadi yang low profile, tetap rendah hati walaupun memiliki banyak kelebihan tapi sikapnya engga merasa sok hebat dan mentang-mentang. Jadi cowok pemalu juga engga masalah asal jangan malu-maluin. Tapi kalau kadar malunya udah sampai berlebihan dan dirasa mengganggu buat beraktivitas, yaa tidak ada salahnya buat kamu belajar untuk lebih berani, tujuannya supaya tidak menghambat aktivitas dan kreativitasmu. Saran mbak.. kalau kamu pengen PDKT dengan cewek yaa harus berani berespon, supaya orang yang ingin kamu dekati tau keberadaanmu dan menyadari ada orang yang mendekatinya. Salam, have a good try, smoga sukses Tanya: Ana – Hp 6285359846xxx Assalamualaikum bu Fifi, ini ana di Aceh, bu .. saya mau nanya masalah gimana cara buat hati suami senang Jawab: Waalaikumsalam, dear Ana Senang membaca pertanyaanmu.. tapi maaf ya, rubric ini diperuntukkan buat remaja seputar problemnya tidak untuk yang sudah berumah tangga, untuk lebih jelasnya Ibu Ana dapat berkonsultasi ke rubric yang menangani masalah seputar konseling keluarga/perkawinan. Semoga ibu dapat memakluminya dan bahagia..salam.

Konsultasi Sumber Daya Manusia Diasuh oleh Thoga Sitorus

Dasar Pembayaran Gaji Pensiun Selamat pagi, Pak Thoga. Saya Syarifuddin mau bertanya tentang gaji dasar pensiun di perusahaan perkebunan tempat saya bekerja, tidak mengacu pada gaji terakhir. Misalnya, pensiun tahun 2008 tetapi gaji dasar pensiun dibayar menurut gaji tahun 2002. Kemudian ada lagi karyawan, pensiun tahun 2011 tetapi gaji pensiun dibayar bukan berdasarkan gaji terakhir tetapi dibayar berdasarkan gaji tahun 2000. Bagaimana menurut peraturan sebenarnya, atas penjelasan Bapak, saya ucapkan terima kasih. Jawab: Selamat pagi, Sdr Syarifuddin. Mengenai pertanyaan Sdr tentang dasar pembayaran gaji pensiun diatur dalam Undang-Undang No. 13

Tahun 2003 antara lain disebutkan (Pasal 167), pengusaha dapat melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap pekerja karena memasuki usia pensiun dan apabila pengusaha mengikutkan pekerja pada program pensiun yang iurannya dibayar penuh oleh pengusaha. Kemudian tentang ketentuan pembayaran uang pensiun di perusahaan perkebunan, karyawan diikutsertakan dalam program Jaminan Hari Tua atau Pensiun yang diselenggarakan oleh Dana Pensiun Perkebunan dan ketentuan pembayarannya diatur dan dimuat dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) perusahaan perkebunan. Tentang masalah Sdr, pembayaran gaji dasar pensiun yang tidak mengacu pada gaji terakhir, maka Sdr dapat menanyakannya kepada perusahaan atau bagian yang membayar dan pensiun di perkebunan

mengapa tidak mengacu kepada gaji tahun terakhir. Karena Sdr tidak jelas memberikan data dalam SMS, misalnya tentang masa kerja Sdr sebagai karyawan, kemudian sudah mencapai umur berapa (atau lamanya masa kerja efektif ) serta surat keputusan pengangkatan Sdr sebagai karyawan tetap, artinya kapan diangkat sebagai karyawan tetap maka dasar penetapan gaji pensiun biasanya didasarkan kepada SK pengangkatan sebagai karyawan tetap, atau diatur lain dalam PKB. Maka untuk jelasnya, Sdr supaya menanyakannya kepada perusahaan atau melihat ketentuan dalam PKB, sehingga tidak menimbulkan keraguraguan atau tanda tanya terhadap masalah yang Sdr hadapi.

Peranan dan Fungsi SP/SB Selamat pagi, Pak Thoga. Saya Sangap Siahaan,

pekerja/buruh di perusahaan dan menjadi anggota Serikat Pekerja (SP) di daerah Kabupaten Deli Serdang. Yang ingin saya tanyakan kepada Bapak apa peranan dan fungsi SP di perusahaan terhadap kami anggota-anggotanya terutama lagi bila tejadi permasalahan yang harus kami hadapi para pekerja dan bagaimana hubungan antara SP dan pengusaha di perusahaan. Mohon pencerahan dari Bapak agar menjadi jelas bagi kami sebagai anggota SP di perusahaan dan atas jawaban Bapak saya ucapkan terima kasih. Jawab Selamat pagi, Sdr Siahaan. Pertanyaan Sdr tentang peran dan fungsi SP di perusahaan adalah sangat penting sebagai wakil dari para pekerja yang fungsinya diatur dalam UU No.21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh, yaitu a. sebagai pihak dalam pembuatan perjanjian kerja

bersama dan penyelesaian perselisihan industrial ; b. sebagai wakil pekerja/buruh dalam lembaga kerja sama di bidang ketenagakerjaan sesuai dengan tingkatannya ; c. Sebagai sarana menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan sesuai dengan tingkatannya ; d. sebagai sarana penyalur aspirasi dalam memperjuangkan hak dan kepentingan anggotanya ; e. sebagai perencana, pelaksana, dan penanggung jawab pemogokan pekerja/ buruh sesuai dengan peraturan perundang-

undangan yang berlaku ; f. sebagai wakil pekerja/buruh dalam memperjuangkan kepemilikan saham di perusahaan. Kemudian tentang hubungan antara SP dan pengusaha dapat dijelaskan sebagai berikut : 1. Pengusaha dan SP/pekerja, sama-sama mempunyai kepentingan atas keberhasilan dan kelangsungan perusahaan. Oleh karena itu, pengusaha dan SP/pekerja harus samasama memberikan upaya yang maksimal melalui pelaksanaan tugas seharihari untuk menjaga

kelangsungan perusahaan dan meningkatkan keberhasilan perusahaan. 2. SP/pekerja adalah mitra pengusaha untuk kelangsungan dan mengembangkan perusahaan. Perusahaan tidak mungkin berkembang tanpa pengusaha atau tanpa SP/pekerja. 3. Pengusaha dan SP/ pekerja mempunyai hubungan fungsional dan masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda dengan pembagian kerja atau pembagian tugas dan tanggung jawab dengan tujuan yang sama untuk

kemajuan perusahaan dan peningkatan kesejahteraan. 4. Pengusaha dan SP/pekerja merupakan anggota keluarga perusahaan. 5. Tujuan pembinaan hubungan industrial adalah menciptakan ketenangan berusaha dan ketentraman bekerja dengan demikian dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. 6. Peningkatan produktivitas perusahaan harus dapat meningkatkan kesejahteraan bersama, yaitu kesejahte-raan pengusaha dan kesejahteraan SP/pekerja.

Pelangi

WASPADA Minggu 22 April 2012

Kupon

Z

CERIT A ADIK Adik-adik, berikut Redaksi memuat cerita-cerita berkaitan tentang malaikat. Malaikat adalah makhluk Allah yang taat dan setia kepada Nya. Semoga bisa menambah wawasan dan menambah keimanan kita pada kekuasaan Allah SWT.

Sayembara Mewarnai Berhadiah Hadiah I : Rp75.000 + sertifikat Hadiah II : Rp50.000 + sertifikat Untuk harapan I s/d III akan mendapatkan

Syarat-syarat peserta 1. Peserta bebas menggunakan alat pewarna apa saja. 2. Peserta terbatas hingga kelas VI SD, menyantumkan nama, alamat yang jelas 3. Sudah sampai di meja redaksi selamat-lambatnya tanggal 31 Mei 2012 Nama Sekolah Alamat

B7

: ............................................................... : ............................................................... : ....................................................................

Nabi Daud as Diuji Dua Malaikat

Asyiknya Merayakan Hari Kartini Di Sekolah SELAMA dua hari, para siswa di Perguruan Al Azhar Medan mengikuti berbagai perlombaan, sekaitan dengan Perayaan Hari Kartini . Ada lomba menyanyi dan mewarnai dan kegiatan Ard and Craft yang diikuti ratusan para pelajar dari berbagai sekolah. Seorang peserta lomba bernama Hang Lekiu nampak sangat antusias mengikuti perlombaan. Dia tidak ragu menggoreskan pinsil warna dalam karya yang penuh warna. Anak coeok yang akrab disapa Oky dengan nomor peserta 334 ini nampak tak malu-malu lagi menuangkan ide dalam setiap goresan pinsil warnanya. “ Senang,�katanya yang ingin difoto dan diabadikan dengan hasil karyanya di TK Al Azhar Medan, Sabtu (21/4). (Surya)

MAKA Oria bin Hanan mengambil ketegasan membela tanah air dan agama adalah kewajibab yang terletak di atas segala kewajibab, sekalipun harus mencucurkan air mata dan darah. Setelah Oria bin Hanan berada di medan perang, pertempuran berkobar dengan hebatnya. Karena kuatnya musuh, pertempuran bukan saja satu atau dua hari tetapi memakan ratusan hari. Setiap habis pertempuran, Oria bin Hanan selalu mengkhayalkan isterinya tercinta, kapan bisa bertemu. Tetapi khayalannya tinggallah khayalan, pertempuran tidak kunjung berakhir. Maka pada saat itulah dengan takdir Tuhan pada suatu hari yang bersejarah mata Nabi Daud yang mulia itu terpandang ke wajah Sabiq binti Syaik yang cantik jelita. Bersambung **m31/Darul Nu’man

16

B8

Remaja

WASPADA Minggu 22 April 2012

Toleransi Sejak Dini

Anas Jene Audrey

DALAM hidup berbangsa dan bernegara dalam lingkup negara kesatuan Indonesia yang Bhineka tunggal ika, yang penuh keragaman, suku, agama, maupun budaya, toleransi antara sesama mutlak diperlukan agar kita bisa hidup berdampingan satu dengan lainnya.

Waspada/Erzil Markos

Nyaman Dengan Perbedaan DARI parasnya, sekilas cewek cantik berkulit putih dan bermata sipit ini sudah bisa ditebak kalau dia berasal dari etnis Tiong Hoa. Gadis yang saat ini duduk di kelas IX Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YP SIM), mengaku sangat senang menimba ilmu di sekolah itu. Terbukti dia telah bersekolah di yayasan yang juga milik salah seorang tokoh di Sumatera Utara itu sejak bangku Sekolah Dasar (SD). Baginya dalam menjalani kehidupan sehari-hari di sekolah dia tidak pernah memandang dari etnis mana orang tersebut berasal,“Semuadisiniberteman,kamibersaudara,kamimenimbah ilmu dan kami selalu bermain bersama dengan siapa saja. Kami saling menghargai satu dengan yang lainnya dan perbedaan yang membuat kami semakin nyaman,” ungkapnya. “Tak ada diskriminasi dan tak ada perberdaan di sekolah ini semua diperlakukan sama, baik yang berasal dari keluarga yang mampu ataupun dari kalangan yang kurang mampu. Sehingga kami merasa aman menimbah ilmu di sekolah ini . Selain rasa aman sekolah ini juga menawarkan rasa nyaman dengan adanya taman-taman sekolah yang bisa kami pergunakan sebagai tempat beristirahat dan santai kalau kami lelah dalam mengikuti pelajaran. Di sekolah ini kami melakukan segala kegiatan secara bersamasama kami saling membantu dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan baik kegiatan keagamaan, budaya atau kegiatan lainnya. “ Ketika ditanya apa yang membuat betah menimba ilmu di perguruan ini, gadis yang selalu menjadi juara di kelasnya ini dengan tegas menjawab, di sini semua fasilitas lengkap baik laboratorium, ruang komputer sarana untuk berolah raga dan sebagainya. Selain itu semua guru-guru sangat peduli dan memberikan perhatian penuh pada seluruh siswanya dalam memberi pelajaran sehingga kami merasa layaknya di rumah sendiri. Erzil Markos

Toleransiperluditanamkan sejak sedini. Mengingat lebih cepat diajarkan bertoleransi maka akan lebih baik bagi perkembangan jiwa anak agar tidak menimbulkan konflik dengan teman-temannya karena perbedaan. Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YP SIM) yang terletak di Jalan Sunggal, Gang Bakul merupakan salah satu per-guruan di Medan yang menerap-kan toleransi sejak dinikepadaanak-anakdidiknya. Ini terbukti dari beragam anak

dari berbagai suku dan agama berkumpul di sini dalam satu tujuan yaitu me-nuntut ilmu. Drs Sarmulia Sinaga, KoordinatorYayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM), Rabu (18/4) mengatakan, sistem pendidikan diYP SIM tidak membedakan siswanya baik dari segi agama, suku ataupun kebudayaan.Khususuntukagamamisalnya, diYP SIM untuk mengantisipasi perbedaan agama maka dibangun tiga rumah ibadah letaknya berdampingan di dalam tamanhijaudilingkungansekolah

Waspada/Erzil Markos

BANGUNAN masjid yang berdiri megah diantara bangunan gereja dan klenteng di taman hijau Perguruan YP SIM.

Waspada/Erzil Markos

PERGURUAN Sultan Iskandar Muda (YP SIM) yang terletak di Jalan Sunggal, Gang Bakul , tanpak sepi karena para siswa SMA dan SMK sedang melaksan akan Ujian Nasional (UN) itu.

Ketiga rumah ibadah tersebut yaitu masjid sebagai tempat beribadah siswa beragama Islam,gerejasebagaitempatibadah mereka yang beragama Kristen dan klenteng sebagai tempat ibadah etnis Tiong Hoa. Di antara ketiga rumah ibadahtersebutjugaterdapatsebuah pendopo yang berfungsi sebagai tempat berkumpul bagi siswa guna memecahkan permasalah terutamaberkaitandenganagama dan sebagainya. “Jika ada permasalah terutama soal perbedaan agama maka di pendopo kini kita bicara secara bersama-sama yang melibatkan semua komponen di Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda ini, ujar Darmulia. Diantarapendopodanketiga rumah ibadah tersebut,ditanam sepasang pohon yang bernama pohon Bisbul (Dyospyos pilippensis) atau sering juga disebut pohon mentega. Pohon Bisbul atau pohon mentega menurut Darmulia,

mempunyai kehidupan yang unik, di mana pohon ini hanya bisa hidup secara berpasangan, jantandanbetina.“Pohoninitidak bisa hidup jika hanya satu pohon saja,mesti ada pasangannya. Pohon Bisbul inilah yang menjadi simbol akan arti penting kebersamaan atau toleransi di YP SIM ini. Selain tidak bisa hidup sendiriantanpaadapendampingnya, pohon ini juga memberikan oksigen kepada semua orang tanpa membedakansiapadandarietnis mana orang tersebut berasal,” ungkap Sarmulia. Sarmulia menjelaskan, selain toleransi kehidupan beragama di YP SIM siswa juga diajarkan sejak dini menghayati dan mempraktekkan nilai-nilai demokrasi. Misalnya melalui pemilihan pengurus Organisasi Siswa (OSIS). Untuk memilih pengurus OSIS, harus sesuai mekanisme pemilihan dilakukan secara langsung. Setiap calon ketua OSIS diberi kesempatan mengkampanyekan programnya. Jika tidak tercapai mufakat, maka akan dilakukan

voting. Hal ini menunjukkan persamaan dijamin di semua tahapan, pengurus OSIS dipilih bukan karena faktor etnis, kedudukan ekonomi atau sosial orang tua subjek siswa, tetapi ditentukan melalui proses pemilihan yang demokratis. Demikian juga halnya dalam memperingati hari besar agama, toleransi juga diterapkan kepada siswa di perguruan ini., Setiap ada kegiatan keagamaan atau peringatan hari besar agama seluruh siswa dilibatkan dalam persiapan acara tersebut, meskipun dalam pelaksanaanyatidakdiikutisemua siswa. Namun dalam persiapan baik dekorasi maupun persiapan lainnya semua siswa terlibat dalam kegiatan itu. Setiap tahun sekali YP SIM, selalumengadakanperayaanhari besar agama, yang menggabungkanharibesarkelimaagama yang ada. Seluruh siswa termasuk guru-guru dan seluruh staf perguruan YP SIM memanfaatkan kesempatan ini untuk

saling menyajikan keberagaman yang ada. Termasuk menyajikan berbagai pentas kebudayaan masih-masing etnis yang ada. “Saat ini perguruanYP SIM mempunyai lebih dari 2600 siswa mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Semua siswa di sini belajar dengan tenang tanpa ada rasa saling curiga mencurigai antara satu dengan lainnya. Hal ini juga ditunjang dengan kehadiran guru-guru dan staf pengajar yang benarbenar menghayati dan mengamalkannilai-nilaikebersamaan. Selain itu siswa diarahkan dan dibimbing berdasarkan kemampuan mereka karena setiap siswa pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Ada kalanya siswa menonjol dalam satu mata pelajaran namun kurangdalampelajaranlainnya, maka siswa tersebut akan kita arahkan sesuai kemampuannya,” ujar Darmulia. Erzil Markos

16

Remaja

WASPADA Minggu 22 April 2012

B9

Belajar Alat Musik Tradisional Tirai Bambu Mungkin kita sering mendengar alat musik Waspada/Erzil Markos

Siswa YP. Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA), larut dalam doa bersama yang dilaksanakan di gedung serbaguna sekolah itu belum lama ini.

Siswa YPSA Gelar Doa Bersama UNTUK mempersiapkan mental para siswa menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun ini, YP. Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) menggelar zikir dan doa bersama di gedung serba guna kampus hijau sekolah itu belum lama ini. Ketua dewan guru YPSA yang juga kepala sekolah SD YPSA, Azhari Fauzi S.Ag, mengatakan, zikir dan doa bersama merupakan kegiatan yang telah diprogramkan dan telah menjadi agenda tahunan di YPSA. Acara dihadiri 277 siswa yang akan mengikuti UN tahun ini, terdiri dari SD sebanyak 84 siswa, SMP 114 siswa dan SMA 79 siswa. Kegiatan ini merupakan upaya pihak sekolah dalam mengantarkan siswa mengikuti UN, karena sebelum ini telah melakukan usaha-usaha seperti belajar intensif, try out, motivasi dan lain sebagainya. Motivasi juga telah diberikan mulai dari guru-guru, kepala sekolah sampai ke dinas dan diakhiri dengan doa bersama. Menurut Azhari, siswa YPSA setiap tahunnya berhasil lulus 100 persen. Dan tahun ini diharapan siswa mampu mempertahankan prestasi itu bahkan bisa lulus dengan nilai yang lebih baik lagi. Hadir pada acara tersebut Pembina YPSA Buya Drs H Sofyan Raz, Ak.M.M, Ketua Umum YPSA Hj Rahmawaty Sofyan Raz, kepala sekolah SD, SMP, dan SMA beserta seluruh staf dan pengurus YPSA, dan orang tua siswa-siswi yang akan mengikuti UN tahun ini. * Markos

kecapi, tapi banyak pula di antara kita yang belum tahu bahkan belum pernah melihat secara langsung alat musik tradisional China tersebut. Untuk mengenal atau mempelajari alat musik bersenar yang suaranya nyaring dan mendayu-dayu itu bisa dilakukan dengan mengunjungi Jade Music School. Ngartini Huang yang merupakan pembina sekaligus kepala sekolah Jade Music School (JMS) yang berlokasi di Jalan Singosari, No. 3F Medan. Dia merupakan salah seorang yang mencoba memperkenalkan atau mem-

populerkan alat musik kecapi di kotaMedansejakbeberapatahun yang lalu. Kecintaanya terhadap alat musik ini mendorongnya untuk mempelajarikecapihinggakeluar negeri. Hal ini disebabkan saat itu di Medan belum tersedia sarana maupun tempat untuk mempelajari alat musik kecapi. Hingga akhirnya dia dimemutuskan untuk belajar kecapi ke Singapura, Kuala Lumpur, Hongkong bahkan sampai ke negeriChina.Saatinidiamencoba mengembangkan alat musik tersebutdenganmendirikansebuah sekolah yang diberi nama Jade Music School (JMS), yang sampai sekarang siswanya mencapai 100 orang lebih. Terdiri dari semua golongan mulai dari anak-anak usia SD hingga orang tua. Bahkan Ngartini telah mengajar musik kecapikepadaanak-anaknyasejak usia delapan tahun. Menurut Ngartini, orang tua juga senang belajar kecapi karena musik kecapi selain bisa menentramkan jiwa juga bisa membantu proses meditasi sehingga

Waspada/Erzil Markos

Siswa Jade Musik School sedang memainkan alat musik kecapi di sekolah itu di jalan Singosari Medan.

Waspada/Ist

Siswa Jade Musik School saat melakukan konser di Changsu, China dalam sebuah acara pertukaran budaya belum lama ini. bisa bermafaat bagi kaum yang sudah berusia lanjut. Sistem pendidikan yang diberikan di Jade Musik School tidak belajar sekaligus secara bersama-sama dalam satu kelas, namun secara berantai, seperti ada tiga, empat atau lima orang setiap satu jamnya dan itu berlanjut hingga malam hari. “Untuk mempelajari kecapi tidaklah terlalu rumit karena dalam mempelajari musik ini hanya menggunakan not angka, jadi tak perlu menguasai not balok, lanjutnya. Dalam membawakan lagu mereka tidak selalu memba-

wakan lagu-lagu tradisional China, tapi banyak juga lagu-lagu lainnya yang bisa dinyanyikan dengan alat musik kecapi, seperti menggubah dan mengaransemen lagu-lagu pop klasik dan lagu-lagu pop Indonesia. Bahkan lagu-lagu Batak pun sering dimainkan dalam setiap konser mereka. “ParasiswaJadeMusicSchool sertiap tahunnya selalu melakukankunjungankeChangsu,China dalam acara pertukaran budaya, di sana mereka melakukan konser musik kecapi dengan membawakanlagu-laguIndonesiadan sambutan masyarakat di sana

sangat respon terhadap lagu-lagu dan budaya Indonesia, ujar Ngartini. Ketika disinggung tentang perkembangan musik kecapi di Indonesia khususnya di Medan, Ngartini menjelaskan, saat ini di Medan mulai banyak yang menggandrungi musik kecapi terbukti dengan banyaknya undangan untuk konser,” Kami sering diundang konser di hotelhotel berbintang di kota Medan, bahkan sering diundang ke Jakarta. Selain banyaknya undangan konser, antusias masyarakat juga terlihat dari semakin mening-

katnya minat untuk mempelajari alat musik ini di Medan. Dan untuk menampung dan memfasilitasi minat masyarakat tersebut Jade Music School telah mendirikan sebuah cabang yang berlokasi di Kompleks Cemara Asri. Untuk lebih mendukung, Ngartini sengaja mendatangkan kecapi langsung dari Changsu, China karena menurutnya, kecapi dari China mempunyai kualitas suara yang lebih bagus dibanding kecapi buatan dalam negeri. ** Erzil Markos

Perkemahan Giatkan Semangat Belajar Waspada/Markos

Para siswa SMP 1 Muhammadiyah yang berprestasi di ajang olimpiade foto bersama kepala sekolah dan guru pembimbing usai penyerahan hadiah belum lama ini.

Siswa SMP 1 Muhammadiyah Raih Prestasi Olimpiade LIMA siswa SMP 1 Muhammadiyah Medan berhasil mengukir prestasi di ajang olimpiade pidato bahasa Inggris dan bahasa Arab tingkat SMP Muhammadiyah se kota Medan yang digelar belum lama ini. Untuk pidato berbahasa Inggris acara yang diikuti sebanyak 60 peserta, berhasil meraih juara 1 atas nama Rizka Nahara, juara 2 Annisa Riza Naraini, dan juara 3 Salim Ali Mutasaddiqi, ketiga murid kelas 8. Sedangkan untuk bahasa Arab yang diikuti 50 peserta dari berbagai perguruan SMP Muhammadiya se kota Medan. Sementar SMP 1 Muhammadiyah mengikut sertakan dua siswa dan keduanya berhasil meraih juara 1 dan juara 2 atas nama Adelia Permata Khairunnisa. Paiman SP.d kepala SMP 1 Muhammadiyah menyatakan rasa bangganya atas prestasi yang diraih anak-anak dan dia berharap ke depan anak-anak bisa mempertahankan prestasi tersebut bahkan lebih ditingkatkan, karena mereka yang berhasil meraih prestasi ini dipersiapkan untuk mewakil kota Medan pada olimpiade tingkat provinsi nantinya. Paiman mengatakan bahwa keberhasilan siswa tentu merupakan suatu kebanggaan bagi sekolah dan orang tua sekaligus keberhasil ini dapat dijadikan tolak ukur sejauh mana tingkat belajar para siswa. “Kita berharap anak-anak bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi di tingkat provinsi nantinya bahkan kami sangat berharap anak-anak dari SMP 1 Muhammadiyah ini bisa meraih juara di tingkat nasional,” ujarnya. * Markos

Zodiak Kamu Minggu Ini ARIES (21 MAR – 19 APR) HA TI HATI TI-hati, jangant terlalu membicarakan apa yang kita rasakan kepada orang lain. Apalagi kalau memang itu berhubungan tentang masalah pribadi. Lebih baik pilih orang yang benar-benar bisa kita A : Kita terlaly mementingkan perasaan nih. percaya. CINT CINTA Bawaannya sensi banget. SEKOLAH : Jadwal ulangan mulai numpuk, yuk belajar! COWOK ARIES : Sikapnya misterius nih.

TAURUS (20 APR – 20 MEI)

ADA perubahan berbeda di lingkungan rumah. Sedikit A: banyak memberikan pengaruh bagi kita. Siap-siap! CINT CINTA OL AH : Wuih, nilai kita Sikap dia mulai aneh. Ow..ow.SEK SEKOL OLAH mengalami banyak peningkatan nih. COWOK TAURUS : Asyik mulai deket.

GEMINI (21 MEI – 21 JUN) WUIDIH WUIDIH, ada pemasukan tambahan nih dari hobi kecilkecilan kita.Yang penting ada keinginan deh, semua pasti bisa A : Mendua bisa berarti enggak cinta. SEK OL AH terwujud. CINT CINTA SEKOL OLAH : Kurangi mengerjakan PR hingga malam. COWOK GEMINI : Egois abis.

PERKEMAHAN seharusnya mampu memberikan motivasi khusus kepada pesertanya untuk lebih giat belajar. Sebab, perkemahan itu sendiri memupuk rasa percaya diri dankemandiriansertasikaptegas dalam mengambil keputusan. Begituantaralaindisampaikan Ketua Mabigus Hj.Noor Balqis, S.PsiyangbertindaksebagaiPembina upacara dalam kegiatan Perkemahan liburan pasukan Penggalang Gudep 07-263 dan 07-264 Perguruan Islam Nurul ‘Azizi dilaksanakan belum lama ini di Bumi Perkemahan Sibolangit. “Perkemahan seperti ini hendaknya jadi momen diri untuk

lebih giat belajar sebagai dampak positif kegiatan,”kata Balqis. Peserta diajarkan pula tentang teknik mendirikan perkemahan, membaca tanda-tanda alam dan hal-hal yang berkaitan dengan jalinan persahabatan yang ditandai dengan program perjalanandihutandanmembuat konsep kebersamaan yang menyenangkan. Kegiatan olah raga bersama, juga termasuk program yang membuat peserta merasa nyaman. Program ini memperluas wawasanpesertadenganmelakukan kunjungan ke Panti Rehabilitasi GANCentrediSibolangit.Seluruh peserta mendapat kesempatan mendengarkan ceramah dan

informasi informasi tentang narkoba dan bahaya penggunaannya. Mereka diperbolehkan melihatkorbanpecandunarkoba. Kemudian berinteraksi dan berdiskusi dengan mantan pengguna agar mengenal barang haram itu, tetapi menghindari penggunaannya. “Perkemahansekaligusuntuk melatih siswa melaksanakan kegiatan shalat tahajjud dan ibadah sunnah lain seperti zikir bersama. Alhamdulillah semua peserta mengikuti kegiatan dengan senang hati dan mereka kembalikesekolahdenganpenuh semangat,”ujar Balqis. ** Anum Saskia

Peserta Perkemahan saat berada di Bumi Perkemahan Sibolangit.

CANCER (22 JUN – 23 JUL) DALAM mengambil keputusan, ada baiknya memikirkan baik A: dan buruknya terlalbih dahulu. Listen to your heart! CINT CINTA Bingung berat nih! Pilih dia tau dia. SEKOLAH : Jangan terlalu ANCER : terburu-buru mengerjakan tugas.Teliti dulu. CO WOK CCANCER Jauh di mata, dekat di hati.

LEO (24 JUL -23 AGS) JANGAN biarkan masalah kecil membuat mood kita berubah. Tunggu dulu hingga kepala lebih dingin. CINT A : Putus, nyambung, Putus, nyambung. SEK OL AH : Yuk, CINTA SEKOL OLAH bangun lebih pagi biar enggak telat sekolah. COWOK LEO : Malu-malu mau.

VIRGO (24 AGS - 23 SEP)

PU ASK AN keinginan kita.Yang penting, kita harus terus PUASK ASKAN A : Pacar kita romantic abis nih. berusaha keras. CINT CINTA SEKOLAH : Coba ikut kegiatan eskul yang berbeda. COWOK VIRGO : Mulai bosan.

Waspada/Anum Saskia

Waspada/Anum Saskia

Kepala SMKN 1 Dra Asli Sembiring membubuhkan tanda tangan pada spanduk yang disiapkan untuk siswa agar mereka tidak mencoret seragamnya usai UN.

Tinggalkan Kenangan Di Spanduk SISWA SMKN 1 Medan yang mengakhiri kegiatan Ujian Nasional Rabu lalu, melakukan aksi unik dengan membubuhkan tanda tangan di spanduk yang disiapkan pihak sekolah. Ratusan peserta UN nampak antusias membubuhkan tanda tangan mereka pada lembaran kain ukuran2meteryangditempelkan panitiaujianpadadindingsekolah itu. Kepala SMKN 1 Dra Asli Sembiring adalah orang pertama yang membubuhkan tanda tangannya di spanduk. Menyusul guru lainnya serta ratusan siswa. “Setiap tahun pada akhir UN pihak sekolah selalu mengingatkan siswa agar tidak mencoret seragam sekolahnya. Memang banyak yang patuh, tapi kita tidak tahu di luar sana,”kata Sembiring. Tetapi, sebutnya, dengan

LIBRA (24 SEP – 23 OKT) STOP bad habit! Jangan biarkan orang lain jadi terganggu dengan kebiasaan kita. Minta tolong sama teman deh untuk mengingatkan kita setiap kali bandel melakukan kebiasaan OL AH : A : Patah hati memang bikin bête. SEK tersebut. CINT CINTA SEKOL OLAH A : Dia enggak perhatian. LIBRA Yuk, cari les tambahan. COWOK LIBR SCORPIO (24 OKT – 22 NOV) HMMM, kita butuh waktu untuk sendiri. Jauhkan A: diri dari lingkungan teman sesaat. CINT CINTA Ketika ada masalah bicarakan dulu baik-baik dengan dia. SEKOLAH : Perhatikan setiap instruksi guru. COWOK SCORPIO : Jangan terlalu agresif.

SA GIT ARIUS (23 NO SAGIT GITARIUS NOVV – 21 DES) SIF AT keras kepala ternyata bikin masalah makin rumit. Padahal SIFA A: enggak semua masalah bisa kita selesaikan sendiri. CINT CINTA Ada cinta baru yang datang kembali. SEKOLAH : Banyak tugas GIT ARIUS : PDKT Lancar. enggak terduga nih. COWOK SA SAGIT GITARIUS

menyediakan media spanduk seperti ini diharapkan siswa memiliki keperdulian untuk menaga seragamnya tetap utuh tanpa coretan atau pewarnaan, karena sudah diberi tempat khusus. “Baru pertamakalinya seperti ini, tetapi siswa nampak gembiradanmeluapkanberbagai model tanda tangannya di spanduk. Meskipun pihak sekolah harus membeli kain sepanjang 2 meter dan menyiapkan spidol,” ujarnya. Siswa dengan program keahlian perjalanan wisata mengakuiaksicoretinimembuatmereka lega. Meski awalnya sudah tidak ada niat untuk aksi coret seragam karena memang dilarang pihak sekolah. Itulah sebabnya, mereka tidakmempunyaipersiapansama sekali dengan membawa spidol atau cat pewarna lainnya yang

lazim digunakan untuk coret seragam. Usai membubuhkan tanda tangan, siswa belum diperbolehkan pulang. Pihak sekolah masih khawatir jika siswa akan melakukan aksi bepergian ke kawasan wisatadenganmencarterangkutan umum. Karena gerbang sekolah masih dijaga pihak sekolah, para siswa meluapkan kegembiraannya dengan memanfaatkan taman yang mempunyai air mancur di halaman sekolah itu dengan aksi foto bersama. Ragam gaya mereka pamerkan, dari aksi duduk, berdiri sampai melompat bersama. “Semoga kegembiraan mereka hari ini akan menjadi kegembiraan juga saat menerima suratkelulusanbulandepan,”kata Kepala SMKN 1 Asli Sembiring. ** Anum Saskia

CAPRICORN (22 DES – 20 JAN) WAH, butuh ekstra waktu untuk membuat segalanya jadi lebih baik. Ambil segala kesempatan.Yakin aja sama diri sendiri. CINT A : Kita dan dia memang klop banget deh. CINTA SEKOLAH : Selesaikan setiap tugas satu demi satu. COWOK CAPRICORN : Makin sayang deh.

AQUARIUS (21 JAN – 19 FEB) FOKUS pada apa yang kita inginkan. Biarkan orang lain membantu. Kita pasti bakal mendapatkan A : Cinta lama lebih dari yang kita harapkan.CINT CINTA datang kembali.Yang baru nanti dulu. COWOK AQUARIUS : Dia lagi enggak pengin diganggu.

PISCES ( 20 FEB – 20 MAR)

JANGAN biarkan orang lain mengambil kesempatan dari kita. A : Tunjukkan pada mereka kemampuan kita sebenarnya. CINT CINTA Mulai berantem dan mulai saling kesal. Duh! SEKOLAH : Jangan terlambat mengumpulkan tugas. Kita yang rugi, lho. COWOK PISCES : Tinggal tunggu waktu aja. **m31/KW

Budaya

B10

WASPADA Minggu 22 April 2012

12 Lakon Karya Pelajar Medan

Catatan Budaya

Hakim Oleh: S. Satya Dharma

P

ara hakim mutung (merajuk) dan mengancam akan mogok bersidang. Sudah empat tahun gaji mereka tak naik dan sudah sejak dari zaman Presiden Gus Dur tunjangan jabatan untuk mereka tak bertambah.

Oleh: Hasan Al Banna

D

ramawan tersohor Indonesia, N. Riantiarno, mengungkapkan sedikitnya 5 hal harus dilakukan agar sebuah peristiwa teater bisa terwujud. Pertama: Adanya impian, gagasan, atau ide, yang dikonsepkan menjadi sebuah rancangan tindakan. Kedua: Adanya pengetahuan dan keahlian berteater, yang kemudian dikembangkan secara optimal sesuai kebutuhan. Ketiga: Adanya proses kreatif. Keempat: Adanya tindakan teatral dari orang, atau orangorang yang berhasrat. Terakhir: Adanya ke-bersamaan dengan masyarakat dan saling berbagi. Sadar atau tidak, deretan alasan tersebut boleh jadi sebagai latar belakang para pelajar saat melangsungkan “Latihan Teater Gabungan”, 16-17 April lalu di Universitas Negeri Medan. Selama dua hari, latihan bersama diisi sejumlah sanggar/kelompok teater pelajar Medan. Kegiatan yang digagasTeater Temuga SMAN 3 Medan dan Tea-ter Enceng Gondok SMAN 4 Medan itu diikuti LKCST (MAN 2 Model Medan), Teater Fajar (MAN 1 Medan), Roteta (SMA Laksamana Martadinata Medan), Repsas (SMAN 16 Medan), Semut (SMK Telkom Medan), Dharmateta (SMA Dharma Pancasila Medan) dan Tabel (SMAN 12 Medan). Latihan gabungan mencakup pelatihan penulisan naskah lakon, keaktoran, dan penyutradaraan. Dalam tempo dua hari, lebih kurang 120 peserta yang terbagi atas 12 kelompok berhasil menelurkan 12 naskah lakon sekaligus 12 pertunjukan berdurasi 15-20 menit. Penulis kebetulan didaulat sebagai salah satu instruktur latihan (penulisan naskah lakon). Selain itu, Eddy Siswanto (keaktoran) dan Ronald Tarakindo Rajagukguk (penyutradaraan) turut pula dinobatkan sebagai instruktur. Ketiga instruktur tak lebih

dari sekadar fasilitator untuk mengarahkan ‘kemauan’ para pelajar yang luar biasa. Oleh karena ‘kemauan’ yang membuncah tersebut, pekerjaan para instruktur menjadi lebih mudah. Dalam sesi penulisan naskah, misalnya, penulis hanya mencoba menggali rasa ingin para peserta. Memulai menulis naskah drama, seperti halnya menulis karya fiksi lainnya memang dimulai dari rasa ingin. Jika ingin menulis, tuangkan dalam teks lakon, apapun yang dirasakan, dipikirkan, direncanakan, dialami, dibayangkan, dengan sebebas-bebasnya. Tidak mengherankan, jika setiap peserta begitu sigap mengolah sumbangan kata yang mereka ciptakan sendiri sebagai bahan dasar teks lakon ke dalam peristiwa-peristiwa teater berwujud sketsa. Kemudian, di kelompok masing-masing, sketsa tersebut dilebur, dipilah dan dipilih sebelum dituang menjadi teks lakon sesuai keinginan mereka. Dalam waktu relatif singkat (sekitar 3 jam), cara ini menjadi pilihan alternatif yang cukup efektif. Waktu yang pendek memang tidak menjamin kualitas teks lakon. Namun, penting bagi para peserta untuk meyakinkan diri bahwa tersedia berbagai proses kreatif menulis teks teater. Pada tahap awal, 12 teks lakon yang diproduksi‘diangkat’ kembali oleh Eddy Siswanto dalam sesi keaktoran. Sambil menebarkan teknik-teknik keaktoran, Eddy Siswanto secara ‘diam-diam’ juga turut merapikan; menggunting atau menukar-tambah adeganadegan yang telah ‘digambar’

Sebagai pejabat negara, sementara para anggota legislatif danpejabateksekutifjor-jorandengangajibesardanremunerasi, aparatur yudikatif yang menjadi palang terakhir tegaknya keadilan di republik ini justru dibiarkan kere dan kafiran. Padahal, lihatlah amanat Pasal 4 UU No. 14/1970 tentang peradilan, di mana hakim diposisikan sebagai wakil Tuhan yangharusmemutuskansetiapperkara“Demikeadilanberdasar Ketuhanan yang Maha Esa.” Dengan mendasarkan putusannya pada dan atas nama Tuhan yang Maha Esa itu, harapannya tentulah terbangunnya peradilan yang bebas, terpenuhinya rasa keadilan rakyat dan terciptanya ketertiban hukum yang hakiki lahir dan bathin. Sayangnya, dengan macam-macam alasan dan salah satunya bisa jadi karena gajinya yang kecil itu, penegakan hukum oleh hakim di negeri ini seringkali mengabaikan perspektif Ketuhanan dan sekaligus mengingkari rasa keadilan publik. Kita tidak tahu bagaimana kinerja para hakim di negeri ini dalam memutuskan satu perkara. Namun sebagai warga masyarakat, seringkali kita mengelus dada setiap mendengar putusan hakim tentang suatu perkara. Satu perkara yang menurut masyarakat awam seharusnya dihukum berat, justru oleh hakim dihukum ringan atau sebaliknya. Lihat saja, seorang Robert Tantular yang bersama dua warga negara asing pemilik Bank Century, yang dengan leluasa mengecoh pemerintah hingga kebobolan Rp6,7 triliun, justru hanya divonis 4 tahun dan kemudian ditambah setahun oleh MA.

Kita tidak tahu bagaimana kinerja para hakim di negeri ini dalam memutuskan satu perkara. Namun sebagai warga masyarakat, seringkali kita mengelus dada setiap mendengar putusan hakim tentang suatu perkara

oleh masing-masing kelompok. Bahkan, Eddy sesungguhnya telah menunaikan kerja awal penyutradaraan. Di hari kedua, tugas Ronald Tarakindo Rajagukguk membantu para peserta ‘memindahkan’ teks lakon ke ranah pertunjukan yang utuh. Dalam sesi penyutradaraan, Ronald tampil sebagai pengeksekusi setiap rinci peristiwa teater usungan masing-masing kelompok, termasuk mengelola segala yang terkait dengan artistik dan non-artistik keduabelas pertunjukan. Dan tersiarlah 12 pertunjukan teater sebabak di penghujung “Latihan Teater

Gabungan”. Dari 12 produksi pertunjukan, diberilah gelar aktor terbaik kepada Marzuki Ritonga (naskah “Bodoh”), aktris terbaik diraih Rizky Septiani (naskah “Titik”), aktor pembantu pria terbaik jatuh kepada Ridho Atmaja (naskah “Buta”), aktris pembantu wanita terbaik disabet Mayang Istaini (naskah “Bodoh”), sutradara terbaik diberikan kepada Fauziah (naskah “Bodoh”). Selain itu, naskah “Bodoh”, “Lakon Tipu”, “Data Penting” dipilih sebagai teks lakon terbaik I, II, dan III. Sementara naskah harapan ditudingkan pada “Titik”, “Pan-

tang Toruan” dan “Buta”. Sesungguhnya, anugerah di atas ditunaikan tak lebih dari pemanis kegiatan “Latihan Teater Gabungan”. Sebab, jauh lebih penting adalah bagaimana kegiatan semacam ini mengabarkan kepada para pelajar bahwa belajar teater dapat dilakukan dengan beragam cara. Di samping itu, para peserta yang kemudian akan kembali ke sanggar masing-masing dapat menularkan upaya-upaya kreatif tersebut bagi pelajar yang lain, bahkan kepada gurugurunya. Apalagi, seni bermain drama (teater) termaktub pula

dalam kurikulum pelajaran bahasa Indonesia. Begitulah teater menurut N. Riantiarno, yang sebaiknya didongengkan dengan cara yang menarik dan asyik. Bukan buru-buru, kaku, tanpa kompromi, atau diarahakan melulu hanya untuk melahirkan pekerja teater profesional. Cara yang menarik dan asyik itulah telah dilakukan para pelajar dalam “Latihan Teater Gabungan”. Dengan demikian, peristiwa teater akan tetap terwujud dan berkembang turun-temurun. *Penulis adalah aktor, sutradara, dan penikmat seni pertunjukan.

Apa Kabar Sastra Indonesia?

S

eperti berjalan di padang pasir, perlu waktu panjang untuk menemukan oase dan kesejukan. Kira-kira demikian analogi yang cukup mewaliki. Menyandang almamater Sastra Indonesia nyatanya tidak menjamin penggunanya lantas mengantongi motivasi yang kuat dalam bersastra.

Ini bukan sebuah penghakiman dan tidak bermaksud menyamakan setiap orangnya. Ulasan sederhana dan ringan ini semata hanya bertindak sebagai penikmat dan rakyat pengamat terhadap suatu fenomena yang belakangan kembali menjadi sorotan.Ya,fenomenainiagaknya sudah menjamur dan nyaris dimaklumkan. Sastra tidak pernah memaksa. Meski seringkali dijadikan sebagai jurusan pelarian, takkan ada perhitungan atau percobaan mematikan. Kembali lagi, menurut hemat saya, sastra kita adalah kelegowoan. Sastra adalah perjalanan damai. Jika banyak yang melansirkan anggapan bahwa sastra itu mudah, sastra itu biasa, sastra cukup dengan menulis apa saja. Maka bagi saya, sastra adalah kerja keras yang juga membutuhkan keseriusan. Sepaham dengan pernyataan S. Satya Dharma (Waspada, 29 Januari 2012) yang menyebutkan, “Menjadi seniman adalah sepenuhnya memahami proses ‘menjadi’ itu. Harus ada subli-

masi. Ada ikatan emosional yang melekatkan ruh dan raga dalam aktivitas berkesenian yang dijalankannya. Tanpa sublimasi itu, omong kosong karya seni bisa tercipta dan seniman sejati bisa dilahirkan.” Jika demikian, masihkah Sastra Indonesia layak untuk diremehkan? Terlalu jauh memang jika kita berpanjang lebar menyimpulkan jawaban itu. Saya rasa masingmasing kita telah paham sebenarnya mengenai mental sastra sendiri.Luarbiasa jikamahasiswa program studi Sastra Indonesia menulis puisi, cerpen, artikel, dan bahkannovel.Meskipunkualitasnya belum mampu disejajarkan dengan penulis kondang atau sastrawan yang sudah mahir.Ya, paling tidak sudah ada iktikad mulia untuk berkarya dalam sastra. Tetapinyatanyakeadaanyang didapati justru lebih miris. Kebanyakansastrahanyamenjadi bagian dari identitas KartuTanda Mahasiswa,KartuHasilStudi,dan keterangan lain yang diperlukan di bangku perkuliahan. Sedang

Oleh: Sartika Sari kehidupan di dalamnya, seringkali didualismekan atau bahkan malu diakui. Keadaan seperti ini sebenarnya sudah berakar. Pemisalan paling sederhana ialah ketika seorang mahasiswa dihujani pertanyaan seputar jurusan yang dipilih.Untukmenjawab“Bahasa dan Sastra Indonesia” saja butuh kekuatan batin yang luar biasa.

Sastra Indonesia. Salah satunya ialah karena rendahnya motivasi. Kegelisahan kian menjadi-jadi. Makin hari, tanah sastra semakin kering saja. Jika alasan lain yang timbuladalahkarenakekurangan informasi terkait hal tersebut, adakahpihaklainyanglebihsalah selain diri sendiri? Sebenarnya kita telah paham bagaimana prosedur pembe-

Berkabar dengan Sastra Indonesia yang dalam hal ini titik fokusnya adalah akademisi, rasanya memang harus mengelus dada dan merelakan untuk orang-orang dengan latar belakang yang lain yang menjadi tuan rumah

Pasalnya seringkali beberapa pihakdenganlugasmeremehkan. Adakah yang salah dengan jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia? Faktor mindset di lingkungan terhadap Bahasa dan Sastra Indonesiayangdemikianmenjadi salah satu faktor mengapa seorang berjurusan Bahasa dan Sastra Indonesia sekalipun tidak menjadi seorang Bahasa dan

lajaran yang dilaksanakan di dalamnya. Berbagai materi pelajaran yang disediakan dari dosen hanya bahan mentah yang mesti diolah secara individual. Lalu, kalau kendalanya adalah masalah sumber belajar, saya rasa perpustakaan belum menutup pintu untuk didatangi. Para sastrawan Medan juga luar biasa hebatnya.Tetapi melihat kondisi

yang ada, terpaksa saya harus mengatakan bahwa memang minim kemauan untuk itu. Setali tiga uang dengan kegelisahanSyafrizalSahrunyang tersurat dalam artikel “Karya dan KritikSastraDiSumut”(Waspada, 5 Februari 2012) yang salah satu bagiannya menyebutkan, “Semestinya untuk lahan kritik mengkritik sastra ini bisa diawali dari para akademisi. Misalnya mahasiswa yang ada dijurusan sastra, baik itu yang berlabel pendidikan atau tidak.” Menanggapi kegelisahan tersebut, sepertinya mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia butuh kerja keras, motivasi serta penyadaran yang luar biasa. Beranjak ke ranah sastra di Medan.Kekhawatiranselanjutnya berhubungan dengan media massa yang menjadi salah satu ranah geliat sastra. Beberapa dari yang menulis, memang ada yang memilih mempublikasikan karya tidak pada media massa. Dan selebihnya hanya mangut saja pada arus. Sah-sah saja memang, tetapi apakah untuk sekadar mengatahuipun menjadi enggan? Yang seperti ini hanya bertujuan paling tidak untuk mengetahui keberadaan sastra di kota tercinta. Di Medan sendiri sudah cukup banyak media surat kabar yang menyediakan lahan publikasi

karya sastra. Tidak dengan tujuan runcing yangmenyakiti.Sayamelansirkan pertanyaan sederhana perihal keberadaan majalah sastra Horison yang dapat dikatakan sebagai salah satu majalah penting dalam perkembangan Sastra Indonesia. Terhitung hanya 10 orang yang mengetahui keberadaan majalah tersebut dari 30 mahasiswa yang menjawab. Alasannya ialah distribusi yang menyendat di Medan mengakibatkan perkenalan dengan majalah tersebut amat sukar. Tetapi mungkinkah majalah itu bisa beredar kalau tidak ada peminatnya? Berkabar dengan Sastra Indonesia yang dalam hal ini titik fokusnya adalah akademisi, rasanya memang harus mengelus dadadanmerelakanuntukorangorang dengan latar belakang yang lain yang menjadi tuan rumah. Ya, tidak ada pagar api yang melarang hal itu. Tetapi tentu besar harapan kita kiranya akademisi sastra tidak hanya bergelut pada materi-materi yang turun sesuai dengan jejeran mata kuliahsastratanpabergeraksastra dan berkarya. Semoga pengamatan sederhana dan masih sangatdasarinimampumenyentuh hati kita. *Penulis adalah Mahasiswa Sastra Indonesiadan penikmat sastra.

Bermula Dari Intrinsik Lalu Ekstrinsik

S

aya agak tercenung ketika seseorang bertanya kepada saya bagaimana karya sastra yang baik itu? Pertanyaan itu muncul saat acara Omong-omong Sastra di Kampus UISU, Jl Puri Medan, Minggu (15/04) lalu. Apalagi ketika ia mengisahkan sebuah hal tentang karyanya dikritik oleh seorang kritikus yang mengatakan bahwa karyanya belum fokus, masih mentah dan terkesan menggurui.

Demi mendengar semua itu, saya mentransfer beberapa pesan padanya tentang sastra. Saya katakana kalau sastra adalah bangunan besar bagi puisi, prosa, dan naskah drama. Sebagai sebuah bangunan tentu ia harus memiliki fondasi yang terukur dan kuat. Jika fondasinya tidak terukur dan kuat, maka tentu karya sastra itu akan rubuh dan hancur. Struktur atau fondasi dari bangunan sastra itu tentunya adalah unsur intrinsik dan ekstrinsik. Mungkin juga kita mengenalnya sebagai struktur batin dan fisik di dalamnya. Effendi mengungkapkan bahwa apresiasi sastra adalah kegiatan menggauli karya sastra secara sunguhsungguhsehinggamenumbuhkanpengertian,penghargaan,kepekaan pikiran kritis, dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra (Aminuddin, 2004:35). Cipta sastra sebenarnya mengandung berbagai unsur yang sangat kompleks, antara lain (1) unsur keindahan, (2) unsur kontemplatif yang berhubungan dengan nilai-nilai renungan keagamaan, filsafat, politik, serta berbagai kompleksitas permasalahan kehidupan; (3) media pemaparan, baik berupa media kebahasaan maupun struktur

Oleh: M Raudah Jambak wacana,serta(4)unsurintrinsikyangberhubungandengankarakteristik cipta sastra itu sendiri sebagai suatu teks (Aminuddin, 2004: 38). Puisi misalnya, ia memiliki keambiguitasan yang luar biasa. Tidak semua orang dapat memahaminya dengan cara pandang yang sama. Maka unsur intrinsik (struktur batin) dan unsur ekstrinsik (struktur fisik) perlu dipahami lebih mendalam. Pradopo (1987:7) mengatakan bahwa puisi itu adalah karya sastra yang mengekspresikan pemikiran yang membangkitkan perasaan, merangsangimajinasipancaindradalamsusunanyangberirama. Puisi itu merupakan rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang digubah dalam wujud paling berkesan. Waluyo (1987:25) mengatakan Jika dipaksa untuk memberi definisi puisi yang sangat sukar dirumuskan, kira-kira seperti berikut. Puisi adalahbentukkaryasastrayangmengungkapkanpikirandan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa melalui pengonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya. Struktur adalah sesuatu yang disusun dengan cara atau pola tertentu untuk menjadikan suatu bentuk. Struktur puisi adalah sesuatu unsur yang disusun dengan cara tertentu sehingga menjadi sebuah puisi. Struktur fisik puisi adalah unsur-unsur yang disusun sehingga membentuk puisi secara fisik atau yang dapat dilihat oleh mata. Selanjutnya (Naskah) drama. Untuk yang satu ini kita harus

mampu membedakan drama sebagai sebuah pertunjukan dengan teks-teks drama yang tertulis. Sebagai sebuah pertunjukan kita masih dapat meninjau dari segi artistik dan non-artistiknya. Sementara tinjauan teks ia memiliki wilayah yang berbeda. Karya sastra prosa dan drama memiliki unsur intrinsik serta unsur ekstrinsik yang diperlukan untuk membangun ceritanya. Unsur intrinsik drama terdiri atas tema, plot, tokoh, dialog, karakter, dan latar. Akhirnya, kita sebelum bergelut dan menentukan pilihan harus memahami secara kuat tentang pemahaman kita terhadap fondasi bangunan sastra ini. Mungkin kita akan lebih memilih puisi ketimbang prosa, atau malah lebih asyik menulis naskah drama. Tidak ada yang lebih sulit atau lebih mudah. Atau merasa lebih baik puisi daripada cerpen. Cerpen dibandingkan naskah drama, dst. Ia memiliki kekuatan masing-masing. Bukan hanya sekadar berdasarkan selera, tetapi ada hal-hal lain yang harus kita pertimbangkan. Pada intinya berkaryalah. Biarkan pembaca menilai atau mengkritik. Sebab, sebuah karya yang lahir dan telah dipublikasikan, berarti sudah menjadi hak pembaca untuk memberi penilaiannya. Biarkan karya itu menemukan takdirnya sendiri. Apakah tercatat di etalase ‘megah’ sastra. Atau kemunginan paling buruk, di tong sampah yang berkarat dan lapuk sebelum waktunya.Yang penting belajar dan terus belajar. Bukankah belajar merupakan sebuah proses bagaimana kita bertahan hidup? *Penulis adalah Guru Bahasa/Sastra serta Dosen Ilmu Komunikasi Filsafat Panca Budi

Halitujelasmembuatbanyakorangmenyesalkankeputusan hakim yang dinilai tidak mempunyai rasa kepatutan dalam mengatasnamakan keadilan. “Jika di negara lain, bisa jadi Robert Tatular dihukum mati atau setidaknya ratusan tahun kurungan badan,” ujar Ekonom, Christianto Wibisono. Dalam perspektif orang awam, seharusnyalah seorang hakim memperhatikan fakta, norma, moral, dan doktrin hukum sebagai dasar pertimbangan keputusannya. Karena itu, seorang Hakim seharusnya mau bekerja lebih ekstra keras dalam menangani suatu perkara, apapun perkara itu. Misalnya dengan mencari fakta-fakta lain dari apa yang diungkapkan Jaksa penuntut atau apa yang berlangsung di ruang sidang. Hakim pun hendaknya mau lebih membuka diri dengan tidak hanya mengacu pada literatur hukum yang baku, tetapi juga bersedia memperluas cakrawalanya dengan melihat dan mencermati opini yang berkembang di masyarakat. Masyarakat sesungguhnya banyak yang sudah jenuh dan muak dengan segala pemberitaan seputar penegakan hukum di negeri ini. Kasus Gayus Tambunan, bail-out Bank Century dan tertangkap basahnya Hakim PTUN yang meneripa suap, hanyalah sedikit contoh dari carut marutnya penegakan hukum di negeri ini. Jika rakyat kecil yang melakukan pelanggaran hukum, misalnya seorang nenek yang hanya mengambil tiga buah kakao atau dua pria miskin yang mengambil sebuah semangka langsung ditangkap polisi dan dijerat pasal-pasal hukum tanpa kenal belas kasih, maka tidak demikian jika yang melakukan pelanggaran hukum itu orang berduit dan berkuasa. Hukum bagi mereka yang kaya dan berkuasa bisa dinegosiasikan. Tergantung berapa kesanggupan membayar pengacara andal atau menyuap aparat penegak hukum yang menangani kasusnya. Ironisnya, hakim seringkali ikut terjebak dalam proses penegakan hukum yang sangat mencederai rasa keadilan masyarakat itu. Prof.MiriamBudiardjomenyebutkan,dalamhalpenegakan hukum, negara manapun di dunia ini mengakui adanya asas persamaan di depan hukum atau Equality Before The Law. Seperti asas hukum Rule of Law yang dipakai dalam negara Anglo Saxon yang meliputi Supremacy of Law, Equality Before the Law, dan Constitrution Based on Human Rights. Namun, harus diakui, dalam penegakan hukum di Indonesia, kedua azas itu sampai hari ini masih sebatas retorika. Law enforcement di Indonesia masih jauh dari memuaskan sehingga hukum dan aparat penegak hukum sudah sangat kehilangan kepercayaan dari rakyat. Bahkan ketika kemudian para hakim berbondong-bondong protes atas gajinya yang kecil dan menyatakan aspirasinya secara terbuka, rakyat tak merasa ikut berempati. Simpati rakyat sudah terlanjur hilang terhadap sosok hakim di negeri ini. Mengapa demikian? Karena rakyat telah muak dengan apa yang ia lihat dan alami. Di satu sisi, sebagai rakyat mereka dituntut untuk taat dan patuh pada aturan hukum. Namun di sisi lain proses penegakan hukum seringkali tercederai oleh perilaku aparatur penegak hukum yang menyakiti rasa keadilan rakyat. Dalam banyak kasus hukum, terutama kasus-kasus yang melibatkanorangkayaataupejabatnegarayangsedangberkuasa, rakyatacapkalimenyaksikanbetapatumpulnyapedangkeadilan dewi justicia di negeri ini. Tragisnya, hakim justru berada di ujung dari pedang keadilan yang tumpul itu. Duh! * Penulis adalah Sastrawan dan Sekjen Multiculture Society

Galeri Pelabuhan Terakhir Penulis : Roidah Penerbit : Erlangga Tebal : 159 Halaman ISBN : 978-979-099-972-5 Zahra,seorangwanitamandiri dan mempunyai karir sukses. Sukses dalam berkarir, tapi selalu gagal dalam masalah percintaan ditambah pula dengan seringnya menangani kasus tentang penindasan terhadap perempuan. Hal ini yang membuat dia enggan untuk menikah dan cenderung membenci kaum laki-laki. Terlahirsebagaianaktunggal, malah membuatnya semakin tertekan. Sang ayah yang sudah ingin menimang cucu, akhirnya memilihkan jodoh untuknya. Nama Poernomo alias Ipung pun mencuat ke permukaan. Kisah percintaan Zahra pun semakin berwarna ketika dia bekerja di Jambi. Setelah nama Ipung diproklamirkan, kemudian muncul nama Sultan, lelaki gagah dan bertanggung jawab yang mampu membuatnya kembali ingat kepadaTuhan. Ada juga Laman Senjo, anak sang kepala suku yang lugu dan polos. Dua lelaki ini pun berhasil menumbuhkan citra positif laki-laki di mata Zahra dan mampu menggugah nuraninya. Lalu siapakah laki-laki yang akan dipilih oleh Zahra untuk dijadikan pendamping hidupnya kelak? Sementara ketika sang ibu terbaring sakit, Ipung pun tak segan memperlihatkan kepedulian dan perhatian kepada ibunya. Kejadian itu pun tak ayal semakin membuat hati Zahra bimbang. (m41)

Pariwisata

WASPADA Minggu 22 April 2012

B11

Pulau Anambas

5 Pulau Surgawi Asia Tenggara Dengan hamparan laut biru yang berkilauan, kawasan penyelaman terpencil dengan beragam fauna dan biota laut, serta pulau-pulau tak berpenghuni, Asia Tenggara memang merupakan kawasan surgawi dan tempat petualangan laut terbaik di dunia. Berikut 5 pulau paling indah di pesisir Asia Tenggara. Pulau Anambas, Indonesia Terletak 200 mil laut di timur Pulau Batam, Indonesia, kepulauan Anambas merupakan tempat yang harus diunjungi para pecinta snorkeling dan penggemar olahraga menyelam. Pulau Bawah, pulau utama dalam rantai kepulauan Anambas merupakan pulau yang tak berpenghuni. Tempat ini menawarkan “laguna alami yang terlindungi dengan hamparan laut biru jernih serta terumbu karang yang indah”. Agak jauh ke dalam pulau, terdapat air terjun raksasa yang menawarkan lokasi piknik yang sangat ideal. Pulau Koh Chang, Thailand Terletak dekat perbata-

san maritim Thailand dan Kamboja, kepulauan Koh Chang menawarkan pulaupulau tropis terpencil yang cocok untuk eksplorasi laut. Ratusan lokasi pantai yang sepi memungkinkan para pecinta petualangan untuk menapakkan kaki mereka di hamparan berpasir sedangkan perairan dangkal dekat pantai memberikan kesempatan fantastis untuk bersnorkling. Selain itu juga banyak aspek kehidupan laut yang begitu spektakuler yang sangat menggoda kita untuk untuk mencicipi perairan yang indah. Namun, Koh Chang bisa sangat basah pada musim penghujan - yang biasanya terjadi antara Juni dan Oktober - dan para pelancong disarankan untuk memeriksa prospek cuaca sebelum mengunjungi tempat ini. Pulau Langkawi, Malaysia Dianugerahi dengan pantai berpasir cantik, kawasan ini merupakan lokasi paling subur di Asia Tenggara untuk kegiatan memancing. Perairan Pulau Langkawi terbentang antara perbatasan laut Malaysia dan Thailand.

Pulau Koh Chang

Seperti pulau Phuket di negara tetangganya Thailand, Langkawi memiliki banyak lokasi marina yang diperuntukkan bagi para pengunjung yang ingin menyusuri Selat Malaka dan sekitarnya. Berlabuh dan menginjakkan kaki di pulau ini memberi kesempatan besar untuk membandingkan salah satu lokasi paling spektakuler di Malaysia. Para pengunjung bisa naik kereta gantung ke puncak lokasi Gunung Mat Chinchang, sekira 2,300 meter di atas permukaan laut. Di sini para pengunjung dapat menikmati pemandangan yang dijamin sangat indah. Pulau Teluk Halong, Vietnam Halong Bay atau Teluk Halong, yang terletak di barat laut Vietnam adalah salah satu tujuan wisata perahu paling menakjubkan di dunia. Kawasan ini terdiri dari jalur air yang melintasi sekira 2.000 pulau yang tersebar di area seluas 1.500 kilometer persegi. Dengan begitu, para pengunjung dipastikan akan puas untuk mengarungi jalur perairan

ini. Selain itu perairan dikawasan ini juga tenang sepanjang tahun, dan berenang akan selalu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Sejumlah gua batu kapur misterius di di pulau-pulau Halong Bay yang lebih besar, serta suasana “sunset” menakjubkan merupakan dua pemandangan yang pastinya tak boleh terlewatkan. Pulau Similan, Thailand Kepulauan Similan adalah kelompok dari sembilan kepulauan kecil yang telah ditetapkan sebagai cagar alam laut oleh pemerintah Thailand. Terletak di pantai barat Laut Andaman, pulau spektakuler ini merupakan kawasan nasional perlindungan satwa liar. Namun, menyusuri kepulauan Similans merupakan hal yang diperbolehkan, dan pengunjung akan dipuaskan dengan “pemandangan laut biru jernih yang penuh dengan kehidupan laut”. Pengunjung juga dapat menikmati pemandang dari ratusan jenis ikan dan penyu yang ada di sekitar pulau, dengan suasana yang tenang dan damai. (cnn/rzl)

Pulau Langkawi

Pulau Similan

Pulau Teluk Halong

Infotainmen

B12

WASPADA Minggu 22 April 2012

Resep Langsing Ala Dian Sastro Dan Mariah Carey Dian Sastro

ibu

MEMILIKI tubuh langsing dan ideal merupakan dambaan setiap wanita. Umumnya, wanita yang baru melakukan persalinan akan mengalami peningkatan berat badan. Seperti yang dialami penyanyi Mariah Carey dan artis cantik Dian Sastro. Namun kedua selebritis tersebut memiliki resep khusus untuk melangsingkan tubuhnya. Belum lama ini, Mariah Carey memamerkan tubuhnya yang sudah langsing setelah melahirkan anak kembarnya. Dengan bentuk tubuh proporsional itu, Carey menjadi sampul majalah Shape. “Saya menyadari bahwa 90 persen penurunan bobot tubuh saya karena pengaruh diet dan olahraga teratur,” ujar Carey pada majalah Shape sebagaimana dilansir People, Jumat (20/4). Carey mengatakan, olahraga yang dilakukannya selalu berhubungan dengan upaya untuk menjaga keindahan kulit yang sengaja dicokelatkan. “Saya berjalan selama satu jam, beberapa minggu sekali. Selain itu saya juga berenang tiga sampai empat kali seminggu, masing-masing selama 45 menit,” ujarnya. Carey juga bercerita tentang kesehatan suaminya Nick Cannon, yang sempat dirawat di rumah sakit karena penyakit lupus.

“Penyakit itu sangat menakutkan kami, tapi sekarang dia merasa sudah sangat membaik,” kata Carey seraya menambahkan, suaminya menjaga kesehatan dengan diet rendah gula dan sodium serta cukup tidur. Sementara itu, Dian Sastro pernah merasa frustrasi karena kesulitan menurunkan berat badan setelah melahirkan anak pertamanya, Syailendra Naryama Sastraguna Sutowo. Sebelum melahirkan, berat badan Dian naik hingga 70 kg. Setelah melahirkan, Dian sempat melakukan olahraga dan diet sehingga berat badannya berkurang menjad 66 kg. Dengan berat badan itu, Dian masih tetap terlihat gendut. “Berat badan saya sudah 66 kg. Saya sampai takut keluar rumah. Setiap kali makan di restoran, ada yang mengenali, ‘Eh Mbak Dian, ya? Kok gendut banget’,” cerita pemilik tinggi badan 160 cm ini. Hal itu membuat Dian menjadi kesal. Dia sempat berusaha mengembalikan bentuk tubuhnya ke ukuran ideal lewat beberapa cara. Tapi selalu menemui jalan buntu. Akhirnya, dengan program tertentu dari salah satu layanan perawatan tubuh di Jakarta, dia berhasil mendapatkan lagi bentuk tubuhnya yang ideal. “Pagi sarapan snack, makan siang snack yang high protein dan rendah karbohidrat,” ujar Dian.(k/ant/m25)

Mariah Carey baby

Rini Idol:

Ibuku, Kartiniku HARI Kartini yang selalu diperingati pada 21 April, merupakan momentum kemandirian dan kemajuan seorang wanita di Indonesia. Bagi penyanyi Rini Wulandari, sosok Kartini di hatinya adalah ibunya sendiri. Dara yang akrab disapa Rini Idol ini berpendapat, ibunya merupakan sosok wanita hebat. “Aku sih lihat sosok Kartini ke mamaku. Enggak usah jauhjauh, deh,” kata Rini di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta, Jumat (20/4). Menurut Rini, seorang ibu memiliki tugas lebih berat karena bertanggung jawab penuh di rumah saat sang suami mencari nafkah di luar. Karenanya, dia tidak mau jauh-jauh melihat sosok Kartini. “Mereka bangun dari pagi dan harus menyiapkan sarapan untuk suami dan anak-anaknya. Belum lagi ngurus hal-hal lain di rumah. Jadi, aku pikir dia adalah Kartini sejati,” ujar Rini.

word

Selain itu, wanita kelahiran Medan 28 April 1990 ini juga tak menampik tokoh RA Kartini begitu berjasa membawa

emansipasi wanita Indonesia. Berkat Kartini, banyak wanita sekarang punya karier seperti laki-laki.(tnr)

Iwan Fals:

Syarat Khusus Untuk Manggung MUSISI legendaris Indonesia, Iwan Fals mempunyai syarat khusus jika diminta manggung.“Saya dan manajemen sepakat akan manggung kalau ada kegiatan penanaman pohon,” kata Iwan sebelum tampil di konser Smada Party 2012 bertema Live Our Inspiration di Makassar, Jumat (20/4). Belakangan, pencipta lagu yang sering mengkritik pemerintah ini memang berkampanye tentang penanaman pohon. Sebelum manggung, ayah tiga anak ini akan menanam pohon. “Pohon adalah sumber kehidupan. Landasannya adalah cinta, tanpa cinta kita tidak bisa hidup,” ujarnya. Dalam konser yang digelar Sabtu (21/4) malam, Iwan akan menyanyikan 14 lagu bertemakan tentang lingkungan hidup. Sebagian besar lagu-lagu ini merupakan hasil perenungan Iwan selama bertahun-tahun.(tnr)

Kebiasaan Madonna Dan Putrinya PENYANYI kawakan Madonna, 53, memiliki kebiasaan yang unik tentang kehidupannya dengan sang anak, Lourdes yang berusia 15 tahun. Saat ini, ibu dan anak tersebut biasa bertukar pakai sepatu. Madonna mengaku menyukai sepatu kets Converse milik Lourdes. Sedangkan Lourdes boots tentara miliknya. Meski memiliki kemampuan membeli sepatu tersebut untuk diri masing-masing, namun mereka lebih memilih memakainya secara bergantian. “Saya biasa mengenakan sepatu kets Converse-nya. Sementara dia selalu mengenakan boots tentara milik saya,” tutur Madonna kepada majalah Life & Style, Kamis (19/4). Menurut Madonna, putrinya tersebut memiliki gaya yang mengagumkan. “Tapi, seperti umumnya ibu-ibu, saya mengatakan, ‘Kamu tidak bisa berdandan seperti itu!’” ujarnya. Lourdes merupakan buah cinta Madonna dengan mantan kekasihnya yang juga pelatih olahraga pribadinya, Carlos Leon. Jika Lourdes berlaku tidak pantas, Madonna selalu menunjukkan sikap yang keras kepadanya. “Dia seorang ‘pemberontak’. Saya mengambil teleponnya,” kata Madonna, yang juga punya seorang putra, Rocco, 11, dari perkawinannya yang kandas dengan sutradara Guy Ritchie, dan mengadopsi dua anak berusia enam tahun, David dan Mercy.(k/m25)

marryjane

blog


Waspada, Minggu 22 April 2012