Issuu on Google+

16

SELASA 14 APRIL 2009

data sekolah ●SMA Negeri 2 Maros ●Berdiri tahun 1986 ●Jumah Siswa: 698 orang ●Alumni: sekitar 4.000 orang ●Guru: 55 orang ●Staf: 11 orang ●Alamat: Jl Pendidikan No 23 Barandasi, Maros

selasa dan kamis

! Siswa Berprestasi

info skul SUDAH lama menantikan nangkring di Tribun Skul, Smada Maros ini akhir mendapat kesempatan juga. Makanya, mereka sangat siap dan tidak peduli panas saat pemotretan. Ternyata sekolah ini memiliki segudang ekskul dan prestasi yang membanggakan, bahkan sampai ke tingkat nasional. Hmm...Penasaran? Simak aja ya

Band Metamorfosis

KIR

Sri Rahayu

Uli Septiani

BAND ini sudah sering tampil di acara sekolah dan festival musik pelajar. Anggotanya juga merupakan bagian dari band-band di luar sekolah. Uli misalnya adalah anggota band indie D’Loket yang sudah membuat lagu (nda) sendiri dan telah diputar di radio-radio.(nda)

Futsal Smuda FC

JANGAN ragukan kemampuan 30 anggota futsal Smada FC. Karena beberapa dari mereka adalah pemain klub Makassar Utama U-18 serta peserta di Sekolah Sepakbola (nda) (SSB) Salewangeng.(nda)

A Fadly

Pencak Silat

Hajrah

Fadliah FOTO-FOTO: TRIBUN TIMUR/IHSAN MUSTAKIM

Prestasi Gemilang Tiga Dara Manis SEKOLAH Menengah Atas (SMA) Neger) 2 Maros ternyata menyimpan banyak sekali talenta potensial. Lihat saja tiga dara manis Sri Rahayu, Fadliah, dan Hajrah. Cantik, gaul, dan prestasi mencorong. Mau bukti? Sri Rahayu adalah wakil Sulsel pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Astronomi tahun 2008 lalu. Putri pasangan Ruslan AB dan Rosita adalah juara I Mengintrepretasikan Peta Sulsel di UNM (2009). Bukan hanya akademik yang dikuasai gadis kelahiran Maros 2 Oktober 1992. Ayu yang bercita-cita ingin menjadi diplomat atau presenter ini merupakan finalis lomba presenter se-Sulsel (2009). Juga juara II pemilihan Putri Maros (2007) dan juara III The Best Student Award 2008. Ayu sering menjadi MC di berbagai

acara, sampai kegiatan tingkat Kabupaten Maros seperti Gema Ramadhan. “Sudah sering dipanggil MC. Bakat cuap-cuap ini sudah ada sejak SMP,” kata Ayu yang mengidolakan Rosiana Silalahi adn Feni Rose ini. Sedangkan Hajrah bisa dibilang Ustazah di sekolah ini. Setiap Salat Duhur, ia selalu yang membawakan kultum. Tapi bukan itu saja bakatnya. Putri pasangan Zaenal (alm) dan Hartati ini jago bahasa Inggris. Gadis kelahiran Maros, 17 Januari 1991 ini meraih Juara I Pidato Bahasa Inggris se-Sulsel di UNM (2009). Juga Juara III debat Bahasa Inggris se-Sulsel di Unismuh (2008), serta juara I debat bahasa Inggris se-Maros (2008). Hajrah adalah gadis yang aktif dan senang berorganisasi. Makanya, sangat sulit menemuinya di rumah. Karena,

pulang sekolah, peraih beasiswa BRI ini aktif di Forum Ukuwah Muslimah Maros. Bukan itu saja, ia juga aktif di Forum Silaturahmi Pelajar Muslim Maros (FS Primas). Lain lagi dengan Fadliah. Prestasi gadis periang dan suka humor ini tidak kalah mencorongnya. Meski putri pasangan Najamuddin dan Rohani ini suka pelajaran Biologi dan masuk kelas IPA, tapi ia adalah jagonya pelajaran Geografi, yang notabene adalah pelajaran kelas IPS. Dara kelahiran Maros, 5 April 1992 ini adalah wakil Sulsel pada OSN bidang Geosains (2008). Juara I Cerdas Cermat Geografi seSulsel di UNM (2009), dan juara I lomba puisi bahasa Jerman di UNM (2008). “Kan Geografi juga ada materi matematikanya,” kata Fadliah membela diri.(apriani landa)

Qasidah

ACARA keagamaan di sekolah semakin meraih dengan penampilan Seni Keislaman yang dibawakan oleh 11 anggota Qasi(nda) Musnindar dah.(nda)

Bengkel Seni Rupa

INILAH tempatnya menyalurkan bakar seni rupa. 20 orang anggotanya mengasah bakat membuat lukisan, kaligrafi, dan mosaik. Hasilnya sering dipamerkan di berbagai acara. Bahkan, beberapa karya mereka Amal menjadi koleksi para pejabat pemerintahan Darmawan di Maros lho.(nda) (nda)

HIA T ..hiat...Siapa berani melawan mereka? HIAT Sembilan jagoan Smada merupakan anggota Aliran Lagawali yang Satuannya di Maros Utara. Prestasinya juga hebat. Juara I Kata Perorangan di Maros 2007/2008, serta Juara II Kumite Kelas D (45-50kg) di Maros 2007/2008. (nda)

Riski

Suciati

INGIN tahu cara membuat dan menyusun karya Ilmiah, silahkan bergabung di KIR. Di sini, anggotanya latihan cara membuat karya (nda) ilmiah yang baik dan benar.(nda)

2 Voli

Paskib

1

3

EKSKUL - Pesilat SMA Negeri 2 Maros beraksi (1), pesepaktakraw berusaha mengembalikan bola (2), dan anggota paskib serius berlatih (3) di lapangan sekolah mereka, Senin (13/4). MEMAKAI kostum paskib merupakan kebanggaan tersendiri. Itulah yang dirasakan 23 anggota paskib Smada. Mereka latihan setiap Sabtu sore. Tahun lalu, satu anggotanya berhasil menjadi anggota paskib di tingkat provinsi. (nda)

Novita Ekasari

Basket

KARENA kelas III fokus ujian, maka tim basket ini dominan anak kelas dua dan kelas satu. Latihan setiap hari Kamis dan Sabtu membuahkan hasil menjadi juara II putra dan juara I putri tahun 2007 pada Hardiknas di Maros. Beberapa dari mereka adalah anggota (nda) klub basket Maros Si Bolang.(nda)

M Hasan

Takraw

Thamrin

INI adalah ekskul yang prestasinya paling mencorong. Karena anggotanya masuk dalam atlet binaan Pengcab Persetasi Maros. Itu karena anggota ekskul ini berhasil membawa pulang medali perunggu pada Kejurnas PPLP di Jakarta 2008 serta medali emas pada Popda Makassar 2008. (nda)

penjelasan osis

penjelasan sekolah

Festival Musik

Bina Pelajaran Olimpiade

EKSTRAKURIKULER merupakan ajang bagi siswa untuk berkreativitas. Makanya, di sini banyak sekali ekskulnya. Tapi, kami berencana akan membentuk beberapa ekskul lagi, termasuk ingin membentuk ekskul Cheers dan Perkumpulan Remaja Musalah. Baru-baru ini, telah dibentuk ekskul pecinta alam (Sispala). Program ke depannya adalah akan mengadakan festival musik pada tanggal 29 April nanti. Selain menampilkan band-band sekolah, juga akan mengundang band pelajar dari sekolah lain. (nda)

SEKOLAH kami ini tetap memperhatikan bakat siswa. Makanya, kami melakukan pembinaan ekstrakurikuler baik seni, olahraga, maupun keagamaan. Sejak tahun 2008, kami melakukan pembinaan secara intensif pada delapan pelajaran yang masuk olimpiade sains. Dari sini sudah dua anak didik kami yang berhasil menjadi wakil Sulsel pada OSN 2008. Selain itu, kami mengembangkan Bahasa Jerman dan Bahasa Arab. Bebeapa siswa kami sudah menjadi juara pada lomba Bahasa Jerman. Syukur, karena fasilitas penunjang pembelajaran sudah lengkap. Seperti laboratorium komputer, bahasa, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sebagai sekolah Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSSN), kami terus melakukan pembenahan, termasuk memperhatikan kualitas guru dan keluaran dari sini.(nda)

*Nur Yanto Al-Tadom, Ketua OSIS

*Nasaruddin, Wakil Kepala SMAN 2 Maros

Pramuka

SIAP A bilang pramuka sudah kurang pemiSIAPA natnya? Lihalah siswa Smada Maros ini. Anggotanya mencapai 70 orang. Beberapa dari mereka juga aktif di Saka Bayangkara. Mereka juga meraih juara III LGJI se-Sulsel di M Lukman Polda 2006 ser ta Juara Umum KLKP seMaros tahun 2007 dan 2008. (nda)

English Club

Nur Anna

Namanya klub ini keren juga, Smada English Lovers. 22 anggotanya wajib jago cuap-cuap bahasanya David Beckham. Karena setiap pertemuan hari Sabtu, mereka wajib berkomunikasi pakai Bahasa Inggris. Akhir pekan, biasanya mereka ke tempat wisata untuk mempraktekkan kemampuan mereka. Tentu (nda) saja, sasaran mereka ada bule-bule.(nda)

M Akbar

LA TIHAN setiap Kamis dan Sabtu membuat LATIHAN delapan anggota tim voli Smada Maros ini kian kompak. Tidak salah mereka menjadi Juara I pada Hardiknas Maros 2007/2008. (nda)

PMR

Zakaria

SERING melakukankegiatan sosial dan donor darah menjadi kewajiban para pahlawan kemanusiaan ini. Keahalian Kepalang merahaan tidak diragukan lagi. Juara III Lomba PMR di UMI 2009 (Pasang Bongkar Tandu) juga juara (nda) umum lomba PMR se-Maros 2007/2008.(nda)

Teater

TEA TER Semendamar Art makin populer TEATER setelah menjadi juara III The Ace Fest seSulsel yang digelar Universitas Atmajaya Maret 2009 lalu. Di bawah asuhan Dg Karo yang juga anggota BKKI Maros dan Sanggar Nurul Ilmi Turi Maros, kemampuan akting mereka makin terasah. Mereka meraih Juara I Festival Teater Pelajar se-Maros. Tidak itu saja, juga menyandang gelar aktor, artis, penata (nda) rias, dan penata artitisk terbaik.(nda)


Tribun Timur Edisi Selasa 14 April 2009