Issuu on Google+

C M Y K

Sekkab Jember Ditahan Lagi...

PAGE 01

KADO TERAKHIR

baca halaman 8

Sempat dikaitkan dengan sejumlah pria setelah lepas dari pelukan Banyu Biru, namun Rianti Cartwright, 26, belum juga mendapat pengganti pria yang pernah akan menikahinya pada 8 Agustus 2008.

SELASA 11 AGUSTUS 2009 NO. 265 TAHUN XXIII TERBIT 20 HALAMAN

Rp 1.000

HARIAN SURYA

—baca halaman 12

ALAMAT REDAKSI/IKLAN/SIRKULASI : JL RAYA MARGOREJO INDAH D-108 SURABAYA 60238 ● TELEPON (031) 8419000 ● www.surya.co.id

Sehari Dilantik, DPRD Jatim Langsung Gajian Rp 25 Juta

GAJI ANGGOTA DPRD JATIM PER BULAN Gaji pokok Tunjangan keluarga Tunjangan jabatan Tunjangan beras Tunjangan PPh Uang paket Tunjangan perumahan Tunjangan komunikasi intensif

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

2.262.000 316.680 3.279.900 170.320 870.105 226.200 9.600.000 9.000.000

Total

05

25.205 Rp 25.725 Rp 25 grafis: surya/rendra

SURABAYA - SURYA Enak benar menjadi wakil rakyat Jawa Timur. Meski baru sehari berstatus sebagai anggota dewan, mereka bakal sudah digelontor dana sebesar Rp 2,56 miliar. Dana ini merupakan gaji pertama 100 anggota DPRD Jatim, atau masing-masing menerima sebesar Rp 25.725.205. Gaji sebesar itu masih belum termasuk tunjangan/ insentif yang lain.

Hal tersebut bisa terjadi karena anggota DPRD Jatim periode 2009-2014 yang bakal dilantik 31 Agustus 2009, pada 1 September 2009 esok harinya, mereka bakal langsung menerima gaji pertamanya yang Rp 25-an juta itu. Gaji tersebut terdiri dari uang representasi sebesar Rp 2,2 juta, tunjangan keluarga Rp 316.000, tunjangan jabatan Rp 3,2 juta, tunjangan beras Rp

170.000, tunjangan PPh sebesar Rp 870.000, uang paket Rp 226.000, tunjangan perumahan Rp 9,6 juta, tunjangan komunikasi intensif Rp 9 juta. Itu masih belum termasuk tunjangan untuk anggota DPRD yang masuk panitia musyawarah, panitia anggaran, juga tunjangan komisi, tunjangan badan kehormatan (BK), dan tunjangan alat kelengkapan dewan lainnya.

Menurut Sekretaris DPRD Jatim, Edi Purwinarto, gaji anggota dewan memang diberikan di depan yang biasanya merupakan awal bulan. Karena para anggota DPRD Jatim dijadwalkan dilantik 31 Agustus nanti, maka ketika masuk 1 September esok harinya, mereka sudah mendapatkan gaji pertamanya. ■ KE HALAMAN 11

Bukan Noordin, Mirip Ibrohim Australia Juga Meragukan Sidik Jari JAKARTA – SURYA BANYAK spekulasi beredar tentang identitas lelaki yang tewas dalam peristiwa pengepungan di sebuah rumah di Dusun Beji, Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Pihak kepolisian masih condong meyakini jenazah yang kini berada di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, itu adalah Noordin M Top, meski kepastiannya masih menunggu hasil tes DNA. Namun, berdasarkan foto mayat yang beredar dan informasi dari sumber-sumber di tim Densus 88, banyak pakar terorisme meyakini jenazah itu bukan gembong teroris Noordin M Top.

Pasangan Aris Susanto dan istrinya, Indrayati

Bahkan terakhir beredar kabar di kalangan wartawan Mabes Polri, lelaki yang ketika terkepung sempat mengaku sebagai Noordin M Top itu adalah Ibrohim alias Ibrahim, penata bunga (florist) Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, yang menghilang sejak peledakan bom di JW Marriott dan RitzCarlton 17 Juli lalu.

Pasangan Indra Arif Hermawan dan istrinya, Rustiningrum

■ KE HALAMAN 11

foto-foto: surya/herudin

2 Teroris Temanggung Tak Pintar Mengaji

Di Balik 18 Jam Baku Tembak Densus 88 (3-Habis)

Muzahri, Ketua ‘Selapanan’ yang Rajin Berdakwah Hingga Senin (10/8) polisi masih mendalami dugaan keterlibatan Muzahri, 69, dalam jaringan Noordin M Top. Di pihak lain, para tetangga mengenal bapak dua anak ini sebagai orang yang baik. JUNIANTO SETYADI TEMANGGUNG

S

ALAH satu contoh yang menunjukkan bahwa Muzahri orang baik

adalah jabatannya di dusun tempat dia tinggal. Muzahri menjadi ketua selapanan — kegiatan pertemuan warga yang dilaksanakan setiap 35 hari (setiap lapan).

Adu Kuat Direbus di Sauna 1100 Celcius HEINOLA - SURYA Inilah kompetisi paling unik di dunia. Adu ketahanan tubuh di ruang paling panas, sauna. Di sini orang akan beradu produksi keringat paling banyak dengan hanya duduk diam. Kejuaraan Sauna Dunia ke-10 ini digelar di Heinola Finlandia, Sabtu (8/8). Orang-orang bertubuh jumbo yang artinya penuh lemak datang dari berbagai belahan dunia. Terhitung ada 160 pria dan wanita dari 23 negara berlomba adu kuat menahan panas selama mungkin. Meski begitu, tentu saja, peserta terbanyak datang dari Finlandia sendiri, sebagai negara yang pertama kali memperkenalkan sauna. ■ KE HALAMAN 11

Selapanan digelar setiap hari Minggu pahing, bertempat di Balai Dusun Beji Jurang RT 01/RW 07, Kedu, Kabupaten Temanggung, Jateng. Dalam kegiatan itu dibahas berbagai masalah, yang pembahasannya dipimpin oleh Muzahri.

TERSANGKA - Tersangka yang diduga terlibat aksi teroris saat diamankan ke Markas Brimob, Kelapadua, Jaktim, Senin (10/8).

■ KE HALAMAN 11

antara/widodo s jusuf

Listrik Byar-Pet, Massa Rusak PLN SUMENEP - SURYA Sekitar 500 orang warga dari 15 desa di Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, merusak Kantor PLN Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Arjasa, Senin (10/8) siang. Massa melemparkan batu dan benda-benda lain, sehingga kantor PLN satu-satunya di Kecamatan Arjasa tersebut berantakan. Insiden ini diawali dengan kedatangan ratusan warga yang juga pelanggan Perusahaan Listrik Nasional (PLN), di Jalan Pe-

labuhan Batuguluk. Mereka protes karena PLN memperlakukan jam pemadaman aliran listrik yang tinggi, sehingga listrik menjadi byar-pet, dan warga hanya memperoleh pelayanan rata-rata lima jam sehari. Menurut para pengunjukrasa, pemadaman secara periodik ini merugikan warga yang memakai listrik untuk kepentingan bisnis dan urusan-urusan lain, termasuk urusan rumah tangga. Apalagi, pengurangan jam pelayanan relatif sangat

besar, di mana sebelumnya warga bisa menikmati aliran listrik selama 12 jam dalam sehari, kini hanya lima jam. Setiba di Kantor PLN Arjasa, ratusan warga tersebut berkumpul di halaman depan kantor. Beberapa demonstran kemudian berorasi, menuntut kepala pelayanan unit Arjasa memberikan keterangan resmi kepada para pelanggan yang berunjukrasa.

surya/sugiharto

■ KE HALAMAN 11

UANG BARU - Bank Indonesia meluncurkan uang recehan baru Rp 2.000, yang dibuka penukarannya mulai Senin (10/8).

KRONOLOGI PENYERBUAN KANTOR PLN ARJASA, SENIN (10/8) P. Paliat P. Sepapan

DI gardu ronda, malam itu, Cak Budi cerita pengalaman pulang ke rumah. “Waktu di lorong sana itu Le, hampir saja aku nginjak kotoran anjing.” Tole menjawab, ”Syukurlah, kakimu tetap bersih.” Cak Budi menimpali, ”Bukan gitu, aku nggak percaya. Lalu, kotoran itu aku aku colek, eh lembek. Sedikit aku jilat.” Tole menyahut,”Kamu jorok.” Cak Budi tak mau kalah,”Eh Le, itu pembuktian. Abis aku jilat, aku langsung meloncat. Untung banget, waktu itu, aku nggak nginjak kotoran itu.” ■ (Cak Sur)

TEMANGGUNG - SURYA Penangkapan Aris Susanto, 31, dan Indra Arif Hermawan, 22, dua kakak beradik warga Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, yang diduga terkait jaringan teroris Noordin M Top, sangat mengejutkan warga di desanya. Berbeda dengan ciri-ciri orang yang diduga terkait terorisme, kakak beradik itu bukanlah sosok yang memiliki pemahaman agama dogmatis, kaku, dan kuat. Keduanya justru lebih dikenal sebagai pemuda nakal, meski dalam tiga tahun terakhir mulai insyaf.

■ KE HALAMAN 11

P. Kangean

Untung Tak Terinjak

Istrinya Berganti-ganti Agama

P2

Uang Rp 2.000 Diserbu, Penukaran Capai Rp 3 M

Warga mendatangi kantor PLN Jl. Pelabuhan Batuguluk, Arjasa, meminta penjelasan kenapa aliran listrik dikurangi.

P. Sabunten P. Saubi

Madura Surabaya Jawa Timur

1 Beberapa waktu terakhir, 15 desa di Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, hanya mendapat aliran listrik selama 5 jam sehari, dari sebelumnya 12 jam sehari. Akibatnya, kegiatan dan usaha warga yang mengandalkan listrik terganggu.

PLN

AR

JAS

A

3 Karena tak ada penjelasan dari petugas PLN, sekitar 500-an warga mengamuk, merusak kantor PLN. Petugas PLN dilaporkan melarikan diri.

4 Perusakan reda setelah polisi berjanji akan mempertemukan pihak PLN dan warga.

SURABAYA - SURYA Penukaran uang kertas pecahan Rp 2.000 di Kantor Bank Indonesia (BI) Surabaya mencapai Rp 3 miliar, besaran nilai tersebut menunjukkan tingginya permintaan pasar di ibu kota Jatim ini. “Kami juga heran mengapa permintaan pasar tinggi sekali. Padahal, hari ini (kemarin, Red) merupakan penukaran perdana terhadap uang kertas pecahan tersebut,” kata Pemimpin BI Surabaya, Mohamad Ishak, di Surabaya, Senin (10/8). ■ KE HALAMAN 11

grafis:surya/yusuf

C M Y K

HARIAN SURYA

PAGE 01


Surya Edisi Cetak 11 Agt 2009