Issuu on Google+

MARI BERQURBAN PLUS Listrik Swadaya dari Kandang Sapi

Telaah : Inovasi Baru Tak Sekadar Daarul Qur’an Berkurban Kalamenjana untuk Kambing Samparan

Sapa

BADAN PENGURUS PPPA Daarul Qur’an Dewan Syariah KH. AHMAD KOSASIH, MA Dewan Pendiri KH. YUSUF MANSUR Ketua M. ANWAR SANI Sekretaris HENDY IRAWAN SALEH Bendahara AHMAD JAMEEL PELAKSANA HARIAN PPPA Daarul Qur’an Direktur Eksekutif TARMIZI General Manager Kampung Qur’an DARMAWAN EKO SETIADI General Manager Pendidikan ABDOEL ROCHIMI General Manager Keuangan & SDM NUR DIANA DEWI Manager Marketing & Communication DWI PURNOMO Manager Donator Services M. YUSUF Manager Program RANO KARNO M. BILAL ALAMAT KANTOR PPPA Daarul Qur’an Graha Daarul Qur’an Kawasan Bisnis CBD Ciledug, Blok A3 No.21 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157 Telp. 021-7345 3000 (hunting), Fax. 021-7344 4858 Bogor Branch Ruko Bangbarung Grande Blok K-6 Jl. Pandu Raya No.27 Bogor Telp. 0251-8322355, Fax. 0251-8354515 Branch Manager Helmi Ariwibawa Bandung Branch Komplek Graha Asih, Jl. PU Pengairan No.8 Kel. Cipamokolan, Kec. Rancasari, Bandung Timur 40292 Telp. 022-8752 1000, Fax. 022-8752 3333 Branch Manager KHORI AINUL YAKIN Yogyakarta Branch Jl. Timoho No. 315 Ruko No.4, Kel. Baciro, Kec. Gondokusuman, Yogyakarta 55225 Telp. 0274-557911, Fax. 0274-554 048 Branch Manager IRVAN YUDHA SATRIA Semarang Branch Jl. Gajah Raya No. 111B, Semarang Telp. 024-33044345, 6703868, Fax. 024-670 8112 Branch Manager Effendy Wahyu P. Malang Branch Jl. Sunan Kalijaga No. 3 Kav. 5 Lowokwaru, Kota Malang Telp. 0341-556 655, Fax. 0341-556 699 Branch Manager Hendra Irawan Surabaya Branch Perumahan Safira Blue Resort Blok A5 Jl. Ki Suryo Jati Selatan Kedungturi Kec. Taman Kota Sidoarjo 61257 Telp./Fax 031-788 4961 Branch Manager muhammad zuzali Website : www.pppa.or.id

Foto Cover : Tema : Qurban Plus Talent : Santri Rumah Tahfidz Samparan, Caturharjo, Bantul-Yogyakarta

Tarmizi, Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur’an

Mari

Qurban Plus

ber-

Do the best! Jauh sebelum petuah ini lahir, Rasulullah SAW sudah berwasiat: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesamanya” (HR Thabrani dan Daruquthni dari Jabir ra). Dengan spirit inilah, setiap program PPPA Daqu wajib berjalan dengan nafas never ending improvement. Hal ini menuntut kreativitas dan pengembangan. Meski di tingkat implementasinya tak mudah, insya Allah ini menjadi spirit kami dalam mengemban amanah Anda para donatur. Program QUIZ (Qurban Istimewa), misalnya, senantiasa kami kembangkan keistimewaannya dari tahun ke tahun. Sehingga semakin berlipatlah kemaslahatan qurban Anda bagi mitra dan binaan PPPA Daarul Qur’an, baik Rumah Tahfidz, Pesantren, beserta segenap civitas academica-nya di berbagai daerah. Tahun ini, PPPA Daqu memantapkan Program Qurban sebagai salah satu unit bisnis untuk menghidupi Rumah Tahfidz dan Pesantren binaan. Melalui Program Eksport (Ekonomi Pesantren Produktif ), PPPA Daqu menanam modal pembesaran ternak kurban bagi mereka. Tentu saja disertai pelatihan peternakan bagi pengurus dan santri Rumah Tahfidz serta Pesantren yang bersangkutan. Ini merupakan bagian dari bekal ketrampilan wirausaha mereka. Maaf, tahun ini Program Eksport kurban memang baru dikembangkan di Pulau Jawa. Insya Allah daerah lain menyusul bersama guliran program pemberdayaan lainnya. Dengan dukungan Anda, PPPA Daqu memang ber-azzam agar qurban ini menjadi program nasional. Dengan semboyan “Qurban Plus”, PPPA Daarul Qur’an juga ingin menyertai pengorbanan Anda dengan ajakan mulya untuk terus menghafal Qur’an. Anda para Pekurban insya Allah akan mendapatkan DVD/CD Murotal Ustadz Yusuf Mansur. Kami juga siap melayani Anda melalui Qur’an Call 24 jam untuk belajar dan membaca Al Qur’an. Bagi penerima daging Qurban Plus, insya Allah setiap kerat daging bukan sekadar penambah gizi, tapi juga bernilai spiritual. Sebab ternak kurban program ini berasal dari Rumah Tahfidz dan Pesantren yang lisan dan hatinya senantiasa melafalkan Qur’an dan dzikir. Semoga Qurban Anda tahun ini akan bertambah berkah, lebih istimewa dan memberikan nilai-nilai plus untuk kita semua.

Telaah

Qurban Plus :

Tak Sekadar

Berkurban “Alhamdulillah, dengan qurban dari Daarul Qur’an, keluarga saya jadi rukun lagi,” ucap Kasepuhan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Trisula Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. “Benar kata Ustadz Yusuf Mansur, sedekah memang mendekatkan,” imbuh kakek yang mengaku fans Ustadz Yusuf Mansur itu. Kasepuhan bersyukur, tahun ini ia tidak sekadar menerima kambing QUIS (Qurban Istimewa) Daarul Qur’an untuk dipotong dan dibagikan di kampungnya. Ia juga kebagian membesarkan 50-an ekor kambing.

Khoeruman, Ketua KSP Trisula, juga bersyukur, tahun ini Pesantren Saung Balong Al Barokah asuhannya dipercaya PPPA Daqu untuk membesarkan 700 kambing kurban. “Luar biasa, tahun lalu kami mendapat amanah separonya,” katanya. Selain dipelihara di kandang pesantren, ternak kurban itu dibesarkan di 5 kampung berbeda di Kabupaten Majalengka. Para peternaknya adalah nasabah Trisula yang sudah diseleksi ketat dan terlatih. Bekerjasama dengan PPPA Daarul Qur’an diadakan juga pelatihan ketrampilan ternak bagi calon mitra Program EKSPORT (Ekonomi Pesantren Produktif) PPPA Daarul Qur’an yang digelar di Saung Balong pada 9-10 Juli lalu. Diikuti oleh perwakilan 8 Rumah Tahfidz yakni Al Mumtaz (Jogja), Nurul Quran (Jogja), Kwasen (Jogja), Al Hidayah (Indramayu), Nurul Qur’an (Semarang), Al Maarif (Tasikmalaya), Sengon (Jogja) dan Rumah Tahfidz Samparan Jogja.

Mamad, Bendahara Rumah Tahfidz Al Hidayah Indramayu, mengaku pelatihan tersebut sangat bermanfaat. Ilmunya dia bagi kepada ayahnya, Kyai Muslimin, pengasuh Pesantren Al Hidayah. “Saya baru ngeh, ternyata kambing itu tidak tahan stress. Pantesan kambing kami banyak yang mati karena kandangnya dekat jalan raya,” kata Kyai Mus sambil tertawa. Pak Kyai lantas mengevakuasi ratusan ternaknya ke kandang sementara di rumah orangtua santri. “Kalau kandang di pesantren kami sudah jadi, ternak itu mau dipindahkan kemari,” terang Kyai Mus. Sebagian walisantri Rumah Tafidz Samparan, Desa Caturharjo, Kecamatan Pandak, Bantul, DIY, juga ketiban berkah Program Eksport. “Sebagian orangtua santri kami percaya untuk memelihara kambing kurban, karena mereka memang peternak,” terang H Supriyono, Ketua Rumah Tahfidz Samparan. Direktur Eksekutif PPPA Daqu, Tarmizi, menjelaskan, pembesaran ternak kurban adalah salah satu bentuk Program Eksport (Ekonomi Pesantren Produktif).

Telaah

“Dalam program ini PPPA Daqu menanam modal pembesaran ternak di Rumah Tahfidz. Tujuannya untuk membekali pengurus dan santri Rumah Tahfidz dengan ketrampilan wirausaha. Juga mendapat keuntungan untuk mendukung kelangsungan Rumah Tahfidz,” tutur Tarmizi. Ia menambahkan, tahun ini Program Eksport kurban memang baru dikembangkan di Pulau Jawa. Insya Allah daerah lain menyusul bersama guliran program pemberdayaan lainnya. Dengan dukungan para donatur, PPPA Daqu memang bertekad agar kurban ini menjadi program nasional. Dengan semboyan “Qurban Plus”, PPPA Daarul Qur’an juga ingin menyertai pengorbanan para donatur dengan ajakan mulya untuk terus menghafal Qur’an. “Pekurban insya Allah akan mendapatkan DVD/CD Murratal Ustadz Yusuf Mansur. Kami juga siap melayani pekurban melalui Qur’an Call 24 jam untuk belajar dan membaca Al Qur’an,” imbuh Tarmizi. Bagi penerima daging Qurban Plus, insya Allah setiap kerat daging bukan sekadar penambah gizi, tapi juga bernilai spiritual. Sebab ternak kurban program ini berasal dari Rumah Tahfidz dan Pesantren yang lisan dan hatinya senantiasa melafalkan Qur’an dan dzikir. “Ternak memang akrab dengan kehidupan kaum Muslimin,” tandas Ustadz Hendy Irawan Saleh, konselor PPPA Daqu. Ia mencontohkan, di dalam Al Quran terdapat beberapa nama hewan ternak yang dijadikan sebagai nama surat, seperti: sapi betina (Al Baqarah) dan lebah (An Nahl).

Selain itu juga banyak ayat Qur’an yang secara eksplisit menyebut namanama hewan ternak, misalnya ternak sapi (QS 2: 67-71, 73; QS Yusuf: 43), unta (QS Al An’am:144; Al Hajj:27, 37; Al Ghasiyah:17), domba (QS Al An’am:143, 146; An Nahl: 80), dan kambing (QS Al An’am:143, An Nahl:78, Shad:23-24). Salah satu tujuan penciptaan ternak tersebut, dinyatakan Al Qur’an: “Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu terdapat pelajaran yang penting bagi kamu. Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada di dalam perutnya, dan (juga) pada binatang itu terdapat manfaat yang banyak untuk kamu, dan sebagian dari padanya kamu makan.” (QS Al Mukminun:21). Rasulullah Saw pun akrab dengan peternakan. “Semua Nabi pemah menggembala kambing,” kata Rasulullah Saw dalam suatu perbincangan dengan para sahabat. Seorang sahabat bertanya, “Engkau sendiri bagaimana, ya Rasul?” “Aku juga pernah menggembala kambing,” jawab Nabi. Karena itu, Prof Afzalur Rahman menyarankan agar umat Islam meneruskan warisan pertanian termasuk peternakan dengan serius mengkaji semua bidang, termasuk pertanian, pengairan dan perkebunan untuk memartabatkan ekonomi umah. (Ensiklopedia Sirah, Jilid I, 1981). Walhasil, melalui Program Qurban Plus, Anda memang tak sekadar berkurban. &(bowo)

Telaah

Listrik Swadaya dari Kandang Sapi “Alhamdulillah, sekarang sebulan cuma bayar Rp 500 ribu,” ungkap Khoeruman tentang besarnya tagihan listrik PLN per bulan yang ditanggung kompleks Saung Balong Al Barokah. “Sebelumnya, rata-rata kami bayar Rp 3 juta sebulan,” imbuh pimpinan pesantren yang akrab disapa Abah Otong. Penghematan besar itu lantaran Al Barokah mengolah feces (kotoran) sapi menjadi gas methane, yang kemudian menggerakkan generator pembangkit listrik. Ditambah listrik dari solar sel dan tenaga angin, Al Barokah mampu menghasilkan 20.000 watt listrik sendiri. Menerangi kompleks seluas 7 hektar. Ini memangkas tagihan bulanan listrik PLN sampai sekitar 80%.

Direktur Pesantren Al Barokah, Ustadz Holidin SAg, menyatakan, pesantren yang berdiri sejak Juli 2007 ini memang ingin membuktikan bahwa dengan modal Al-Qur’an maka “dunia diraih akhirat menanti”. Pendidikan Tahfidz Qur’an bagi 40-an santri Al Barokah ditangani Ustadz Surya Darma Batubara, yang ditempatkan PPPA Daqu. Sedang urusan pertanian dan peternakan melibatkan tenaga PL (Penyuluh Lapangan) Dinas Pertanian serta peneliti dari lembaga mitra seperti LIPI, Batan, dan UGM. Ustadz Khoeruman berharap, kelak Saung Balong Al Barokah dikembangkan sebagai Kampung Qur’an kedua setelah Kampung Qur’an Ketapang Tangerang. &

Telaah

Kalamenjana untuk

Kambing Samparan

Para santri Rumah Tahfidz Samparan, Bantul, kini punya keasyikan baru. Di waktu luang, mereka memetik rumput gajah (kalamenjana –Bhs Jawa) untuk disodorkan ke mulut ternak kambing yang dipelihara pengurus Rumah Tahfidz (RT). Ya, mulai tahun ini, Rumah Tahfidz yang berada di sisi timur Sungai Progo ini dipercaya menjadi salah satu pelaksana Program Eksport. Untuk awalan, mereka membesarkan 50 ekor kambing stok kurban di Jogja. Rumah Tahfidz yang berdiri sejak Januari 2010 ini memiliki santri mukim 40 orang, separonya adalah santri putra. Menurut pimpinan RT Samparan, H Supriyono, sebagian warga dan pengurus RT memang peternak. Tak heran bila kalamenjana banyak ditanam di dusun ini sebagai bahan pakan ternak. &(kinank)

Info QURBAN ISTIMEWA hubungi : Graha Daarul Qur’an Kawasan Bisnis CBD Ciledug, Blok A3 No.21 Jl. HOS Cokroaminoto, Karang Tengah, Kota Tangerang 15157 Telp. 021-7345 3000 (hunting), Fax. 021-7344 4858

Bandung Branch Komplek Graha Asih, Jl . PU Pengairan No.8 Kel. Cipamokolan, Kec. Rancasari, Bandung Timur 40292 Telp. 022-8752 1000, Fax. 022-8752 3333

Bogor Branch Ruko Bangbarung Grande Blok K-6 Jl. Pandu Raya No.27 Bogor Telp. 0251-8322355, Fax. 0251-8354515

Yogyakarta Branch Jl. Timoho No. 315 Ruko No.4, Kel. Baciro, Kec. Gondokusuman, Yogyakarta 55225 Telp. 0274-557911, Fax. 0274-554 048

Semarang Branch Jl. Gajah Raya No. 111B, Semarang Telp. 024-33044345, 6703868, Fax. 024-670 8112 Malang Branch Jl. Sunan Kalijaga No. 3 Kav. 5, Lowokwaru, Kota Malang Telp. 0341-556 655, Fax. 0341-556 699 Surabaya Branch Perumahan Safira Blue Resort Blok A5 Jl. Ki Suryo Jati Selatan Kedungturi Kec. Taman Kota Sidoarjo 61257, Telp./Fax 031-788 4961


KABAR QUIS 1432 H