Issuu on Google+

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

SABTU, 22 JUNI 2013

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

Permintaan BBM Naik 25 Persen

SPBU Wajib Buka 24 Jam MALANG – Kebijakan Pemerintah yang mena menaikaik kkan harga bahan bakar minyak (BBM), jelas menas m ennimbulkan gejolak bagi masyarakat dengan men mengnggelar aksi protes. Hal itu, menurut Bupati Mala Malang ang g Rendra Kresna, sangat wajar. Namun aksi protes itu, otes itu u, harus dilakukan dengan mekanisme yang benar nar ddan an tidak anarkis. Sebab negara ini adalah Negara Huara H ukum dan Demokratis. Pernyataan itu disampaikan Rendra Kresn Kresna, na uusai na, saaaii Penmemimpin sosialisasi kenaikan harga BBM di P en ndopo Kabupaten Malang, kemarin pagi. ‘’Kalau penyampaian protesnya dilakuka dilakukan an ddenennbermartabat,’’ gan damai dan santun, jelas terlihat bermar rtabaat,,’’ ungkapnya. Orang nomor satu di Kabupaten Malang ini, Malang in ni, (Camat, juga meminta kepada seluruh Muspika (Cam mat, KonKapolsek, Danramil) serta Lembaga Ko onHimpunan sumen Indonesia, Pertamina dan Himpuna an Bumi Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bum mi (Hiswana Migas), membantu memberikann pemahaman kepada masyarakat terkait kenai-kkan harga BBM. Dimana kebijakan pemer-intah pusat menaikkan harga BBM ini sudah melalui pertimbangan yang matang.

Baca SPBU...hal.11 ANTRE : Kondisi salah satu SPBU saat diserbu mobil maupun motor jelang rencana pengumuman kenaikan harga BBM.

MALANG- Pertamina melarang SPBU untuk melayani pembelian BBM dengan jerrycan (jeriken, red). Pembelian BBM dengan jeriken hanya diperbolehkan jika pembeli kantongi rekomendasi dari instansi terkait. Kebijakan itu telah diberikan kepada SPBU terkait lonjakan pembelian Hal tersebut ditegaskan Asisten Customer Relation Pertamina Marketing Operation Region V (Jatim-Bali-Nusra), Rustam Aji, kemarin. Kata dia, Pertamina telah mengingatkan ke SPBU untuk prioritaskan pelayanan pada kendaraan bermotor. Sehingga pembelian dengan jeriken harus ada rekomendasi/verifikasi instansi terkait ‘’Kami memastikan stok BBM di Jawa Timur aman. Khususnya untuk menghadapi penyesuaian harga,’’ jelas dia kepada Malang Post, kemarin. Sebab, penyaluran di Jatim seminggu terakhir sudah naik sekitar 10 persen. Adapun penyaluran 19 - 20 Juni kemarin sudah naik 25 persen. Renccana 21 Juni ini, naik 20 persen untuk aantisipasi penyesuaian harga dan lonjjakan pembelian. ‘’Dalam kondisi normal, penyaluran ddi Jatim 11.000 KL/hari, Solar 5.700 KL/hari,’’ tegasnya. K

Baca Permintaan...hal.11

FIRMAN MUHAMMAD/MALANG POST

KABAR IBU KOTA

Kalahkan Sriwijaya, Hadang Lini Tengah PALEMBANG – Kekuatan Sriwijaya FC musim ini, terhitung sebagai empat terbaik ISL. Selain, Persipura Jayapura, Persib Bandung dan tentu saja Arema Indonesia. Menghadapi salah satu raksasa di ISL tersebut, Minggu (23/6) besok, Singo Edan telah memetakan kekuatan lawan sedetail mungkin. Headcoach Rahmad Darmawan menyebut, lini ten-

gah dan lini depan Laskar Wong Kito, julukan Sriwijaya FC adalah salah satu yang terbaik di ISL. ‘’Mereka tim yang solid, karena itu bisa jadi empat besar ISL. Lini depan dan lini tengah mereka termasuk yang kuat di ISL,’’ ungkap RD kepada Malang Post usai memimpin latihan di Stadion Bumi Sriwijaya, sore kemarin.

Baca Kalahkan...hal.11

Rumah Rekanan Mabes Polri Dimaling PERHIASAN RATUSAN JUTA RAIB MALANG - Pencuri spesialis rumah kosong, kembali berkeliaran. Kemarin siang, pencuri membobol rumah Hengky Wijaya, 62 tahun, warga Jalan Simpang Dieng I/17 Malang. Dari rumah pengusaha rekanan Mabes Polri tersebut, pencuri membawa kabur perhiasan dan berlian senilai ratusan juta rupiah. Kapolres Malang Kota, AKBP Totok Suharyanto SIK, M.Hum memberikan atensi terhadap kasus tersebut.

Baca Rumah...hal.11

MARGA NURTANTYO/MALANG POST

LIDIK: AKBP Totok Suharyanto berkoordinasi dengan anggota K-9 di TKP pencurian.

Demokrat : PKS Tunggu Apa Lagi!

LATIHAN : Pemain Arema ketika berlatih skema permainan untuk meredam lini tengah Sriwijaya. FINO YUDISTIRA/MALANG POST

AGAR TAK BINGUNG, Siapkan Simulasi PPDB Online

MALANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang, menyiapkan program simulasi cara pendaftaran online model rayon. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kebingungan masyarakat yang akan mendaftar ke sekolah di Kota Malang. ’’Target simulasi pertama adalah kepada anggota DPRD Kota Malang, sebagai wakil rakyat,’’ ungkap Kabid Pendidikan Menengah Dikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM kepada Malang Post. Simulasi rencananya akan dilaksanakan langsung disalah satu sekolah yang melayani pendaftaran online. Setelah sebelumnya Dikbud melakukan pelatihan kepada para operator yang akan melayani masyarakat untuk mendaftar. Simulasi yang akan dilakukan ini diharapkan bisa memberikan gambaran bagaimana mekanisme PPDB online Kota Malang. ’’Sebenarnya teknis pendaftaran masih sama dengan tahun lalu, yang beda hanyalah sekolah dikelompokkan dalam rayon,” kata dia. Jana panggilan akrab Suwarjana menjelaskan, mekanisme pendaftaran bagi calon pendaftar adalah pertama mengambil formulir secara gratis di sekolah. Pada formulir itu ada isian diantaranya nama siswa dan identitas lainnya. Ada pula kolom isian yang berupa rata-rata nilai rapor SMP/MTS untuk pendaftar ke SMA atau nilai rapor SD untuk pendaftar ke SMP. Nilai yang diinput adalah rapor mata pelajaran yang di UN kan mulai kelas 7,8 dan 9 untuk pendaftar dari SMP.

Baca Demokrat...hal.11

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN ‘’Kalau sudah tahu bahwa produksi minyak kita terus menurun dan pertambahan kendaraan tidak bisa dicegah, mengapa kita terus mempertahankan

LYRA VIRNA Dikabarkan Nikah Siri

Baca Agar...hal.11

Ngalam

Ebes Akhire Mundak

Belajar dari Trans Jogja untuk Alternatif Angkutan Murah

Anti Tersesat, Berlangganan Jauh Lebih Murah

Kana : Lek ngene iki lak urip tambah soro bes

Ada sejumlah kemiripan yang membuat Malang dan Jogjakarta sama-sama dijuluki Paris Van Java. Selain dikenal sebagai Kota Pendidikan, sendi ekonomi dan wisata edukasinya tidak berbeda jauh. Sayangnya, satu inovasi modern di daerah istimewa tersebut yang belum terealisasi di Malang adalah Trans Jogja. Meski bukan hal baru, alternatif transportasi massa murah meriah itu tetap menarik. Apalagi ketika BBM mulai naik. Berikut catatan wartawan Malang Post, Tommy Yuda Pamungkas, yang belum lama ini berkunjung ke Kota Gudeg.

Ebes : Soro mek diluk jes, mari ngene lak normal maneh. Sing penting awak ewed idrek sing temenan, tawakal karo ndungo nang Gusti Allah, insyaallah gampang jes. (***)

SUDAH lima tahun Trans Jogja beroperasi sejak kali pertama dilaunching medio 2008 silam. Setiap harinya, armada bus ber AC ini berjalan mulai pukul 05.30-21.30 WIB dan melayani enam rute khusus,

Kana : Wis, akhire rego BBM diundakno bes, tambah laham Ebes : Oyi jes, padahal sak durunge rego sembaku wis mundah disik

MALAM HARI : Sebuah bus Trans Jogja saat berhenti di halte Malioboro.

JAKARTA-PartaiKeadilanSejahteradimintasegerameninggalkan setgab koalisi partai pendukung pemerintah. Selain banyaknya desakan agar partai itu hengkang, PKS juga tidak memberi kontribusi bagi koalisi maupun pemerintahan SBY-Boediono. ’’Saya memang tidak pernah merasakan koalisi PKS dengan Demokrat di DPR. Setiap apapun kebijakan pemerintah dia sering berseberangan. Ada atau tidaknya PKS tidak pengaruh,’’ kata Ketua Fraksi Demokrat Nurhayati Ali Assegaf saat dihubungi di Jakarta, Jumat (21/6). Apalagi, lanjutnya, Nurhayati Ali Assegaf Juru Bicara Kepresidenan Julian Pasha juga menyatakan bahwa PKS sudah tidak lagi berada di lingkaran Setgab Koalisi. Nurhayati menduga, sikap PKS yang tidak segera meninggalkan koalisi dan menarik menteri-menterinya dari Kabinet Indonesia Bersatu II merupakan bentuk pengalihan isu atas kasus korupsi yang melibatkan petinggi partai itu.

yang beberapa diantaranya tidak dilalui bus kota. Sama halnya Trans Jakarta, Trans Jogja juga memiliki halte yang tersebar di berbagai tempat.

Baca Anti...hal.11

TEKA-teki hubungan asmara antara Lyra Virna dan presenter Muhammad Fadlan, terus bergulir. Kabar terbaru, Lyra telah menikah siri dengan Fadlan. Sebuah langkah lebih serius setelah berbulan-bulan mereka diduga menjalin ‘hubungan terlarang’ alias perselingkuhan. Ditemui wartawan, Lyra mengaku tak peduli menanggapi kabar itu. Ia memilih mengamini. ’’Kalau doa digosipkan menikah itu kan baik ya. Amien saja, mudah-mudahan Allah memberi jalan dan kebenaran. Seperti apa ending-nya, kan masih rahasia Allah,’’ ujar pesinetron Sephia, Kupukupu Malam dan 2 Dewi ini. Tak memungkiri, Lyra memang berteman dekat dengan Fadlan. Keduanya beberapa kali tertangkap basah sedang berjalan bersama.

Baca Dikabarkan...hal.11 Jawa Pos Group

SABTU, 22 JUNI 2013

2

Silatnas Tandai Penutupan Dies Natalis ke-32 Unisma

SEGERA DIBAGI: Kantor pos kota Tangerang mendistribusikan KPS sebanyak 47.394 untuk 13 Kecamatan Kota Tangerang sebagai bentuk kompensasi kenaikan harga BBM.

Kemensos √ PT Pos segera Bagikan KPS BLSM Rp150 Ribu Perbulan, Dibagikan 2 Bulan Sekali JAKARTA-Setelah harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi resmi dinaikkan, pemerintah segera membagikan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM). Menteri ESDM Jero Wacik memastikan pembagian BLSM dilakukan selama 4 bulan dengan nilai Rp150.000 perbulan. BLSM merupakan program yang dirancang sebagai bentuk kompensasi penaikan harga BBM. “Satu bulan Rp150 ribu. Tapi akan diberikan dua kali. Jadi yang dua bulan diberikan satu kali Rp300 ribu. Nanti yang dua bulan berikutnya diberikan satu kali Rp300 ribu. Dua bulan diberikan sekali biar lebih efi-

sien,” jelas Jero di Istana Negara Jakarta, Jumat (21/6/2013). Dia menjelaskan, semua kartu BLSM siap dibagikan. “Kartunya sudah mengalir. Melalui pos,” jelas Jero. Politikus Partai Demokrat itu menegaskan, BLSM tidak terkait politik. Untuk itu, Kepala Bappenas Armida yang menandatangani kartu tersebut. “Sengaja dipilih Bu Armida biar jangan dibilang ini parpol. Karena Bu Armida kan bukan parpol. Orang profesional, jadi beliau yang tanda tangan,” jelasnya. Sementara itu, Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Firmanzah mengatakan, Kementerian Sosial bekerjasama

dengan PT Pos Indonesia akan mendistribusikan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) kepada masyarakat miskin. Kartu itu, digunakan untuk menebus Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BL SM) sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak yang diumumkan Jumat, 21 Juni 2013 malam. Bagi masyarakat yang sudah menerima KPS, bisa langsung ditukarkan dengan BLSM ke kantor pos terdekat. “PT Pos sudah menyiapkan 16 ribu juru bayar di kantor pos seluruh Indonesia. Besok yang terima KPS bisa datang ke kantor pos untuk mendapatkan BLSM,”

yang berada langsung di bawah wakil presiden. Tak hanya itu, data itu juga dibandingkan oleh data yang dimiliki oleh Badan Penjamin Sosial dan Kementerian Sosial. “Itu diupdate terus,” tuturnya. Sementara, bagi masyarakat yang tidak memiliki rumah atau yang tinggal di kolong jembatan, bisa mendaftarkan diri melalui RT dan RW setempat. “Bisa diupdate,” tambah dia. Firman menjamin penyaluran KPS itu tepat waktu sebelum akhir bulan ini. “Presiden sudah menginstruksikan kepada PT Pos bekerja 24 jam untuk menjamin KPS sampai ke masyarakat,” pungkasnya. (jpnn/udi)

ujar Firmanzah di Gedung DPR, kemarin. BLSM yang akan diterima masyarakat miskin Rp150 ribu per bulan selama empat bulan ke depan. Namun, menurut Firman, BLSM itu tak hanya berupa uang tunai, tetapi juga dalam bentuk beras miskin, beasiswa miskin, dan pembangunan infrastruktur desa di daerah yang membutuhkan. “Kan BLSM tidak single policy,” tambah dia. Untuk memastikan BLSM ini diterima oleh rakyat yang berhak, kata Firman, pemerintah menggunakan data milik Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K)

Polda Jatim Bongkar 7 Lokasi Penimbunan BBM SURABAYA- Jelang kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dijadwalkan pada Sabtu (22/6/2013) hari ini, sudah dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk mengeruk keuntungan. Terbukti ada tujuh lokasi penimbunan BBM berhasil dibongkar oleh Polda Jatim. Kabid Humas Polda Jatim AKBP Awi Setiyono menyatakan, tujuh lokasi penyelewengan BBM yang diungkap Polisi itu antara lain, penjualan BBM premium bersubsidi tanpa surat di SPBU By Pass Gempol, Pasuruan. Dari lokasi ini, polisi menyita 380 liter premiun bersibsidi, 40 jerigen kosong, uang Rp 270.000, serta mengamankan 15 orang tersangka. Selain itu, polisi juga menggerebek lokasi penimbunan solar di kios bengkel daerah Tanggulangin, Sidoarjo milik Slamet (54) warga Tanggulangin. Dari lokasi ini, diamankan 3.200 liter solar yang berada dalam 16 drum, lima

Menurut Awi, pihaknya juga membongkar penimbunan solar di PT Indo Pipe Jl KIG raya selatan Gresik. Hasilnya, diamankan 1.100 liter solar untuk bahan bakar forklift. Seorang tersangka diamankan bernama Jolo Nugroho. Selain itu, juga berhasil dibongkar penyalahgunaan BBM solar subsidi yang dijual non subsidi di depan balai rakyat Jl Mayjen Sungkono, Kebomas, Gresik. Dari lokasi tersebut diamankan 5.000 liter solar dan sebuah truk Dyna. Dalam pengungkapan ini, polisi juga mengamankan dua orang tersangka bernama Sujito (43) dan Ahmad (23), keduanya tinggal di Jl Mayjend Sungkono, Gresik. “Dalam operasi Dian 2013 ini, totalnya sudah ada tujuh lokasi penyelewengan yang berhasil diungkap. Totalnya, ada barang bukri solar sebanyak 11.010 liter, premium 380 liter, dan limbah oli 16.000 liter,” ujar Awi. (jpnn/udi)

DISITA: Petugas Polda melakukan penyegelan barang bukti dengan policeline diduga penimbun BBM, menjelang kenaikan harga. jerigen isi 125 liter, dan sepeda motor Vario yang biasa digunakan untuk membeli solar ke SPBU. Polisi juga membongkar penimbunan solar di gudang eks giling padi daerah Sumberejo, Bojonegoro. Di sana, diamankan 1,5 ton solar, 50 jerigen, 1

alcon, dan seorang tersangka bernama Sundarto (43) warga setempat. Di Bojonegoro, polisi juga mengungkap aksi penimbunan limbah oli dalam tandon tanam di Desa Gunungsari, Kecamatan Baureno, Bojonegoro. Dari lokasi, diamankan 16.000 liter

imbah oli bekas. Tak hanya itu, kejahatan illegal oil juga dibongkar di Gresik. Di Perumahan Patra, Cerme, Gresik diamankan pengangkutan BBM solar subsidi sebanyak 85 liter yang akan digunakan sebagai bahan bakar alat berat.

Krisis Eropa, Perancis Segera Realisasi Bisnis SURABAYA-Krisis berkepanjangan di kawasan Eropa memaksa Perancis ingin segera merealiasi kerjasama dengan Jatim. Apalagi, Jatim sekarang menjadi outlet berbagai produk untuk Indonesia Timur dengan kekuatan 110 juta penduduk. ‘’Kami datang ke Jatim untuk mengetahui potensi kerja sama apa saja yang bisa segera diwujudkan. Apalagi, antara Perancis dan Jatim sudah lama membina kerja sama berbagai bidang,’’ ujar Mrs. Corinne Breuze, Dubes Perancis untuk Indonesia di Pemprov Jatim, Jumat (21/6). Breuze yang dilantik sebagai Dubes pada 9 April 2013 lalu, datang ke Jatim didampingi Alain Mignon, Ketua Kamar Dagang Perancis untuk Indonesia, ditemui Hadi Prasetyo Asisten II Bidang Ekonomi Pemprov Jatim. Dalam pertemuan yang dilanjutkan melihat keindahan gedung Pemprov Jatim itu, Breuze lebih banyak menerima masukan dan gambaran tentang potensi Jatim. Sedang, Hadi Pras secara detail menjabarkan berbagai peluang

bisnis yang bisa dilakukan di Jatim. ‘’Jatim tentu sangat berkepentingan dengan negaranegara di Eropa. Tidak hanya Perancis. Karena berbagai produk dari Jatim sekarang ini sangat diminati konsumen di wilayah Eropa,’’ kata Hadi Pras. Dikatakan Hadi Pras, melihat aneka potensi yang ada Jatim berharap bidang transportasi, lingkungan, infrastruktur dan komoditi migas dan non migas bisa segera direalisasi. Apalagi, Perancis juga tidak ingin kunjungannya hanya untuk diplomasi belaka. ‘’Saat ini Eropa sedang dilanda krisis ekonomi dunia dan mereka ingin segera melakukan tindakan nyata. Dan negara Eropa yang sudah memiliki kerjasama dengan Jatim antara lain Jerman, Switzerland dan Belanda,’’ kata mantan Ketua Bappeprov Jatim ini. Bagi Jatim, lanjut dia, kerja sama dengan Perancis bukan tidak pernah dilakukan. Sebab, pada 2007 lalu, kerja sama sudah dilakukan saat Imam Utomo menjadi gubernur dan Duta Besarnya Mrs Chaterine

Boivineau. ���’Berbagai bidang dikerjasamakan yaitu Urban Management terdiri dari Transportasi Publik, Urban Management and Regional Deve-

bernur Soekarwo diantaranya bidang economic development antara lain trade, health, investment and agricultural opportunity. (has/udi)

lopment, Solid Waste and Water Supply Management, Food Safety and Social Welfare,’’ paparnya. Ditambahkan, hubungan kerja sama juga dilakukan Gu-

BADAN PERTANAHAN NASIONAL KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MALANG

MALANG- Universitas Islam (Unisma) Malang menggelar dua agenda besar pada Sabtu-Minggu (22-23/6/13). Yaitu Silaturahmi alumni nasional (Silatnas) dan Jalan Sehat. Kegiatan tersebut digelar sebagai acara penutupan Dies Natalis ke-32 Unisma Malang. “Silatnas dan jalan sehat ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka mendekatkan masyarakat, serta alumni yang telah berkiprah di kancah regional maupun nasional,” ungkap Wakil Rektor 3 Unisma Malang, Dr. H Masykuri Bakri M.Si kepada Malang Post, kemarin. Masykuri menuturkan, agenda Silatnas akan dihadiri sekitar 500 alumni. Momen ini sangat penting bagi kampus sebab alumni memiliki Dr. H Masykuri Bakri M.Si peran besar untuk ikut mengenalkan nama Unisma di seluruh Indonesia. Alumni menjadi perekat untuk pengembangan kampus di 35 provinsi. Mereka merupakan ujung tombak Unisma, dimana kiprahnya di masyarakat menjadi bagian tak terpisahkan dari misi Unisma. Serta menjadi bagian dari pencitraan kampus untuk masa depan Unisma yang lebih cerah. “Kiprah alumni menjadi bukti kapasitas lembaga sebagai perguruan tinggi yang berdaya saing, karena alumninya mampu memberi kontribusi pada pembangunan di Indonesia,” urainya. Agenda Silatnas dilanjutkan dengan hiburan kesenian untuk alumni pada Sabtu malam. Kemudian pada Minggu pagi agenda jalan sehat dengan target sekitar 3 ribu peserta akan digelar. “Kami mengajak masyarakat Kota Malang untuk bergabung dalam acara jalan sehat ini,” ujarnya. Sejumlah hadiah disiapkan diantaranya 1 sepeda motor, 1 sepeda gunung, kulkas, dan hadiah menarik lainnya. Ada pula stand bazar yang ikut meramaikan acara jalan sehat. Sebagai tradisi, Unisma juga akan memberikan santunan kepada anakanak yatim piatu sebagai ungkapan syukur di usia ke 32. “Usia 32 ini Unisma akan memberikan pelayanan terbaik bidang pendidikan dan menjadi lebih dekat dengan masyarakat,” pungkasnya. (oci/udi)

Kabut Asap, Garuda & Air Asia Gagal Mendarat

BERKABUT ASAP: Provinsi Riau diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan. PEKANBARU- Pesawat Garuda dan Air Asia gagal mendarat akibat kabut asap hanya menyisakan jarak pandang 700 meter. “Garuda dengan kode penerbangan GA 070 dari Jakarta dan Air Asia dari Kuala Lumpur, Malaysia,” kata Airport Duty Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Ibnu Hasan, kepada Antara di Pekanbaru, Jumat (21/6). Ia menjelaskan, seharusnya dua pesawat tersebut sudah mendarat pada pukul 08.15 WIB, namun akibat kabut asap tebal masih menutupi bandara, pilot memutuskan untuk menunda pendaratan. “Sekitar pukul 08.45 WIB, pesawat Garuda Indonesia dari Jakarta dan Air Asia dari Kuala Lumpur, Malaysia, masih berputar-putar menunggu jarak pandang berada diatas 1.000 meter,” katanya. Ibnu mengemukakan keberangkatan pagi juga ditunda khususnya untuk pesawat Lion Air tujuan Jakarta dan Silk Air tujuan Singapura. Untuk jadwal kedatangan dan keberangkatan sekitar pukul 07.00 WIB, masih berjalan baik. Pesawat milik Maskapai Mandala dan Lion Air dari Jakarta juga sempat mendarat secara normal atau sesuai jadwal. “Begitu juga untuk pesawat Silk Air yang datang dari Singapura tadi pagi, sekitar pukul 07.40 WIB, mendarat dengan sempurna. Memasuki pukul 08.00 WIB, jarak pandang kembali menurun drastis menjadi 800 meter akibat tertutup kabut asap,” ujarnya. Terpisah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan jarak pandang di Riau Jumat 21 Juni 2013 pagi, hanya sekitar 750 meter, akibat kabut asap kebakaran hutan di provinsi itu. Ini menyebabkan beberapa penerbangan ke Riau ditunda. Titik-titik api di wilayah kebakaran hutan bahkan cukup dalam. “Di wilayah Bengkalis dan Siak, kedalaman titik api lebih dari 10 meter. Di titik-titik inilah kebakaran seringkali tidak terlihat di permukaan, tetapi di bawah membara dan mengeluarkan asap,” ujar Kepala BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di kantor BNPB, Jakarta. Kemarin, tercatat ada 60 titik api di Riau dengan kedalaman mencapai 6-10 meter. Titip api ini berlokasi di daerah gambut sehingga mengeluarkan asap. Riau punya jumlah titik api paling banyak dibanding provinsi lain. “Sumber permasalahan dimulai pada tanggal 14-15 Juni 2013. Siklon tropis yang menyebabkan masa uap air maupun asap dari wilayah Riau masuk ke arah timur, sehingga dalam perjalanannya melalui Singapura,” ujar Sutopo. Jumlah titik api di Indonesia sebenarnya jauh lebih kecil dibandingkan dengan negara-negara ASEAN seperti Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam. (jpnn/udi)

PENGUMUMAN (Tentang Sertipikat Hilang) Nomor: 45/ Pengg / VI/ 2013

Jalan Terusan Kawi No. 10 Malang 65115 Telp. (0341) 570048, 589022 Fax. 589022 http://www.bpn.go.id e-mail: kab-malang@bpn.go.id

Untuk mendapatkan Sertipikat baru sebagai pengganti Sertipikat yang hilang, berdasarkan ketentuan pasal 59 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah dengan ini diumumkan bahwa : No.

Nama/Alamat Pemohon

Hak Atas Tanah, Jenis & Nomor Hak

NIB

Terdaftar Atas Nama

1

2

3

4

5

1

SISWANTO Jl. Tirto Utomo Gg. IV/20 RT.03/RW.02 Landungsari Dau Malang

Hak Milik No. 2135

12.30 22.07 03388

SISWANTO

Dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal pengumuman ini, bagi mereka yang merasa keberatan dapat mengajukan keberatan-keberatan kepada kami dengan disertai alasan bukti kuat. Jika setelah 30 (tiga puluh) hari tidak ada keberatan terhadap permohonan penggantian sertipikat tersebut diatas, maka sertipikat pengganti akan diterbitkan dan berlaku sah menurut hukum dan sertipikat yang dinyatakan hilang tidak berlaku lagi.

Tanggal Pembukuan

Letak tanah

6

7

a. Jalan b. Desa/Kel c. Kecamatan d. Kabupaten

02/10/2012 a. ----

b. Landungsari c. Dau d. Malang

Keterangan

8

Bukti Laporan Kehilangan Barang Nomor: C-1/LP/7477/IV/Res Mlg Kota Tgl. 22-04-2013 Surat Pernyataan Di Bawah Sumpah / Janji Tgl. 19-06-2013

Malang, 20 - 06 - 2013 An. KEPALA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MALANG KEPALA SEKSI HAK TANAH DAN PENDAFTARAN TANAH FATHORRAHEM, SH NIP. 19600320 198203 1 003 REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI

SABTU, 22 JUNI 2013

3

Mentari Super Internet

Diluncurkan JAKARTA- Memenuhi kebutuhan pengguna internet dan smartphone, Indosat meluncurkan Kartu Indosat Mentari Super Internet. Harga kartu perdananya pun hanya Rp 3.000, dengan kelebihan pelanggan Mentari langsung mendapat pulsa Rp 3.000 dan bonus internet 100 MB selama 30 hari. Hal ini dijelaskan Agus Nurudin, Group Head Channel Management Indosat. Menurut dia, pelanggan Mentari Super Internet juga dapat menikmati bebasnya akses internet untuk streaming, download musik dan video, browsing, email, social media, games serta entertainment. “Kita memberikan kuota super internet 6 GB dengan kecepatan hingga 7,2 Mbps

hanya dengan isi ulang Rp 25.000. Masa aktifnya 30 hari. Cukup melakukan registrasi melalui menu *123*200# atau ketik SMS KUOTA<spasi>25 kirim ke 363 363,”” ungkapnya usai peluncuran starter pack baru Indosat Mentari Super Internet di Jakarta, Kamis (20/6) lalu. Selain itu, lanjut dia, benefit untuk pelanggan juga ditambah dengan gratis unlimited Super WiFi yang tersebar di 3.000 titik di seluruh Indonesia. “Dengan teknologi EAP-SIM/seamless, pelanggan dapat menikmati Super WiFi tanpa password dan username,” katanya. Agus, sapaannya menyatakan kemudahan dan kenyamanan aakses internet menjadi prioritas utama yang dihad-

irkan bagi pelanggan Indosat Mentari pengguna smartphone. Hadirnya starter pack baru dengan bonus internet 100 MB, diharapkan dapat memberikan user experience terbaik kepada pelanggan. “Dengan Indosat Mentari Super Internet, pelanggan bebas mengakses internet sepuasnya dengan kuota 6 GB kecepatan hingga 7,2 Mbps dan gratis Unlimited Super WiFi dalam mendukung kelancaran aktifitas sehari-hari serta tetap terhubung dengan keluarga dan kerabat,” urai dia. Pelanggan juga dapat mengoptimalkan smartphone dan mengunduh berbagai aplikasi sekaligus memanfaatkan layanan nelpon, SMS dan internet. “Selain paket internet Super 3G+, starter pack Indosat

INDOSAT FOR MALANG POST

PERDANA: Indosat meluncurkan kartu Mentari Super Internet dengan kuota super internet sebesar 6 GB. Mentari juga hadir dengan tarif super hemat untuk nelpon, SMS dan internet tanpa harus berlangganan paket. Pelanggan bisa mendapatkan gratis 30 menit nelpon

ke sesama Indosat setelah pemakaian Rp 2.000 untuk nelpon ke sesama Indosat,” tegasnya. Bonus gratis 30 menit nelpon dan bonus internet 100 MB dapat dicek

BlackBerry Belagio Pink Jadi Buruan

IRA RAVIKA/MALANG POST

FEMINIM: Hadir dengan warna pink, BlackBerry Bold 9790 tampil feminism.

MAL MALANG– BlackBerry Bold 9790 memang bukan produk baru untuk pasar prod gadget. Namun akhirgad akhir ini, produk yang akh dikenalkan pada awal dik tahun 2012 lalu cukup tah banyak mendapat perba ha hatian user. Itu seiring dengan hadirnya warna de ppink produk ini. Ya, BlackBerry betul-betul B membuat perubahan, m ddengan menghadirkkan warna BlackBerry yyang biasa disebut Belagio ini dengan warna la pink. Ponsel ini terlihat pink imut dan feminim. Prosangat im motor BlackBerry Malang, Ocktavia Shanti mengatakan secara visual, produk ini memang terlihat keren. Warna

pink yang dibalutkan pada casing Bold 9790 ini terlihat sangat smooth dan menggemaskan. Sebelumnya, BlackBerry hanya menghadirkan ponsel yang juga dikenal dengan sebutan Onyx 3 ini dengan dua macam warna saja, yaitu putih dan hitam. Tapi begitu, banyaknya pengguna BlackBerry merupakan kaum hawa, BlackBerry pun menanamkan warna pink pada produk ini. “Secara keseluruhan atau fitur, Belagio pink ini memang tidak memiliki perubahan dengan pendahulunya. Sekalipun masih tergolong baru. Tapi fitur dan spesifikasinya sama persis dengan pendahulunya,” terangnya. Dijelaskan dia, layar ponsel ini menggunakan layar sentuh

2.45 inci. Sekalipun menggunakan teknologi layar sentuh, namun ponsel ini juga memiliki keypad yang berfungsi memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai aktifitas di atas ponsel. “BlackBerry Bold 9790 ini memang berbeda dengan produk BlackBerry seri lainnya. Teknologi canggih ditanam pada layar, sehingga pengguna pun dapat menggeser, menjepit ataupun memperbesar tampilan layar, dengan sangat cepat. “Itu karena ponsel ini ditenagai dengan prosesor Marvel Tavor MG1 single-core berkecepatan 1GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 768 MB,” kata wanita yang memiliki wilayah tugas di Mall Olympic Garden (MOG) tersebut.

Teknologi yang ditanam pada Belagio, dijelaskan Ockta, panggilannya, tak lain untuk memberikan kelancaran animasi dan waktu respons cepat. Sama seperti seri BlackBerry pada umumnya, Belagio menggunakan operating system BlackBerry 7.1. Untuk kamera, ponsel ini menggunakan kamera dengan resolusi 5 MP. Tidak hanya dapat digunakan untuk menjepret foto, kamera yang tertanam tersebut juga dapat digunakan sebagai alat perekam video yang canggih. “Fitur automatic saving mode, menjadi fitur andalan pada ponsel ini. Smartphone itu mampu bekerja otomatis dan mengoptimalkan penggunaan baterai,” tegas wanita ini. (vik/mar)

Nikon S30

Tahan Air untuk Kalangan Menengah

IRA RAVIKA/MALANG POST

ANTI AIR: Nikon S30, kamera tahan air dengan harga yang terjangkau masyarakat.

MALANG– Kamera waterproof (tahan air) akhir-akhir ini membooming. Hampir seluruh pabrikan kamera mengeluarkan seri waterproof. Tidak terkecuali Nikon. Setelah beberapa waktu lalu merilis produk kamera digital anti air di kelas menengah, kali ini Nikon mengenalkan produk kamera dengan teknologi tahan air di kelas menengah ke bawah, yakni Nikon S30. Yakni kamera digital yang memiliki teknologi tahan air hingga kedalaman 3 meter. Marketing Photo Pantai Malang Town Square (Matos), Ayu Istiqomah men-

jelaskan, S30 ini bisa dibilang cukup handal. Tidak hanya anti air saja, tapi juga mampu memberikan hasil yang tidak mengecewakan. Nikon menanamkan kamera ini dengan lensa 10 mega piksel. ” Tidak hanya menghasilkan gambar foto yang sempurna, kamera ini juga dapat merekam video dengan kualitas HD 720p. Kamera ini juga dilengkapi dengan lensa 3 x wide angle zoom,” ucap Ayu, sembari mengatakan kamera ini memiliki ISO mulai 80-1600. Keberadaan ISO tersebut cukup membantu untuk pengambilan foto dalam

segala kondisi. Kamera ini juga dilengkapi dengan layar LCD seluas 2.7 inch, yang terletak di bagian belakang kamera. LCD yang tertanam tersebut bisa dimanfaatkan pengguna untuk melihat bidikan ataupun hasil bidikan. “Kamera ini dibanderol dengan harga Rp 880.000,” tandasnya. (vik/mar)

di menu *557#. Tarif super hemat nelpon ke sesama Indosat hanya Rp 30 per 6 detik (pukul 00.00 hingga pukul 16.59), Rp 60 per 6 detik (pukul 17.00 hingga 23.59)

dan nelpon ke operator lain Rp 350 per 30 detik. Untuk SMS hanya Rp 150 ke semua operator. “Akses Internet Rp 1 per KB pemakaian per 50 KB,” pungkas Agus. (mar)

TAHUKAH ANDA?

WhatsApp Diramaikan 250 Juta Pengguna JAKARTA- Dibandingkan pesaing seperti Line, KakaoTalk dan WeChat, WhatsApp memang terlihat kalem. Namun diam-diam, WhatsApp terus berkibar. Setiap bulannya, ada 250 juta pengguna yang aktif menggunakan layanan mobile messaging populer ini. Ini adalah pertama kalinya WhatsApp merilis informasi basis pengguna mereka. Sebelumnya, di awal bulan ini, WhatsApp juga sukses ‘mengantarkan’ lebih dari 27 miliar pesan dalam satu hari. Angka ini, seperti dikutip dari Boys Genius Report kemarin adalah rekor sepanjang perkembangan perusahaannya. Alhasil, sejumlah analis menilai pencapaian ini bisa saja membuatnya menjadi layanan mobile messaging non-carrier terbesar. Pada konferensi AllThingsD April silam, CEO WhatsApp, Jan Koum menyebutkan bahwa layanannya mampu melebihi jumlah pengguna aktif Twitter. Dibandingkan dengan WhatsApp, Twitter mencetak jumlah pengguna aktif bulanan sebanyak 200 juta pada Desember silam. Twitter dan WhatsApp memang memiliki format berbeda. Namun situs 140 karakter tersebut dijadikan WhatsApp sebagai pembanding karena fungsinya yang juga dipakai sebagai media berkirim pesan. Didirikan empat tahun lalu, WhatsApp memang boleh dibilang mendapat sambutan hangat. Di tengah dominasi BlackBerry Messenger kala itu, WhatsApp muncul menjadi alternatif. Kehadirannya menjadi penyegar karena bisa digunakan di semua platform. Menariknya, meski dipakai oleh ratusan juta orang, WhatsApp tidak tertarik disambangi iklan. Simak apa kata Kloum mengenai hal itu. “Kita dibombardir dengan begitu banyak iklan di kehidupan sehari-hari dan kami merasa bahwa smartphone bukanlah tempat untuk itu. Meletakkan iklan di piranti semacam ini adalah ide buruk. Anda tidak ingin diinterupsi dengan iklan saat chatting dengan orang yang Anda kasihi,” demikian Koum pernah berkata. Sebagai gantinya, Koum mengatakan bahwa WhatsApp mengenalkan model bisnis di mana user akan ditarik bayaran USD 99 sen per tahun. Aplikasi messaging ini memang tengah mencapai masamasa keemasannya. Beberapa waktu lalu, raksasa teknologi Google sempat disebut-sebut berminat mencaploknya meski kemudian rumor tersebut ditampik sendiri oleh WhatsApp. (dk/mar)

Baterai Nokia 105 Tahan Hidup Sebulan MALANG– Memiliki Nokia 105 sama juga menjawab kebutuhan sebuah ponsel. Produk ini merupakan ponsel standar yang tidak memiliki fitur melimpah layaknya ponsel seri Nokia lainnya. Ponsel ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang menggunakan ponsel sebagai alat komunikasi menelpon dan SMS. Namun begitu, ponsel yang hadir dengan beberapa warna ceria ini patut diacungi jempul untuk ketahanan baterainya. Sekalipun kapasitas baterai yang tertanam hanya 800 mAh, namun baterai dengan model BL-5CB tersebut mampu bertahan hidup hingga 35 hari standby dan 12,5 jam talk time. Promotor Nokia Malang, Mey Wahyuningtyas mengatakan tipe 105 merupakan terobosan baru Nokia untuk pasar menengah ke bawah. “Kebutuhan utama ponsel adalah sebagai alat komunikasi baik itu menelpon ataupun SMS. Nokia 105 inilah jawabannya,” ucap wanita yang bertugas di Erafone Mall Olympic Garden (MOG) ini. Secara desain, tipe 105 memang cukup sederhana. Bentuknya hanya kotak, dengan sudut melengkung. Ponsel ini

IRA RAVIKA/MALANG POST

KEBUTUHAN: Nokia 105 menjawab kebutuhan dasar menggunakan ponsel.

memiliki dimensi panjang

107 mm dan lebarnya 44,8

mm dengan ketebalan 14.3 mm. Desain yang mungil tersebut membuat ponsel ini sangat nyaman digenggam. Terlebih, beratnya hanya 70 gram, sangat mudah bagi pengguna untuk memasukkan ponsel ini di dalam saku. Sedangkan untuk layarnya, Nokia menanamkan LCD transmisif, warna ukuran 1.4 inci beresolusi 128 x 128, dengan aspek rasio 1:1. Layar tersebut cukup sesuai dengan harga ponsel yang dibanderol hanya Rp 190.000 ini. “Fiturnya tidak banyak, dan ponsel ini juga tidak dilengkapi dengan kamera,” kata Mey, begitu dia biasa dipanggil. Tidak banyak bukan berarti tidak ada. Nokia tetap menanamkan beberapa fitur standar pada ponsel ini. Sebut saja fitur radio FM yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mendengarkan musik dimana saja, serta lampu flash yang terletak di sisi atas dan berfungsi sebagai senter. (vik/mar) REDAKTUR: MARGA, LAYOUTER: REEP

SABTU, 22 JUNI 2013

4

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Mei, Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ipok

Ngalam

RIZAL FANANY/MALANG POST

DIRAMPINGKAN: Petugas PLN sedang memangkas ranting-ranting pohon yang mengganggu kabel listrik di Jalan Merdeka Selatan (depan Kantor Pos Pusat Malang). Hal ini dilakukan untuk mencegah korsleting maupun terputusnya kabel. Sudah dua hari ini para petugas melakukan aktivitas perampingan pohon yang mulai rimbun.

Menjadi Produktif: Sebuah Pilihan Memajukan Bangsa TAHUN 2013 menjadi tahun surga bagi produsen elektronik dunia. Bagaimana tidak merek-merek seperti Apple, Samsung, Blackberry, dan lain sebagainya kian membanjiri pasar Indonesia lewat produkproduk yang diusungnya. Aneka gadget terbaru hingga peralatan rumah tangga tersedia dalam model yang bisa dipilih sesuka hati. Hal ini masih diperparah pula dengan munculnya aneka produk otomotif sekelas Toyota, Honda, dan Yamaha yang sejak dulu hingga sekarang menjadi primadona di negeri ini. Asumsi yang berkembang adalah belum mampukah kita menjadi produktif hingga terlalu bergantung pada produk buatan bangsa lain. Jawabannya tentu tidak, bangsa ini dipenuhi dengan orangorang berotak cemerlang dan terampil. Namun yang menjadi masalah adalah kurangnya apesiasi kita terhadap hasil karya anak bangsa. Sudah menjadi kebenaran umum bahwa kita cenderung antipati terhadap produk buatan dalam negeri. Hal ini pertama kali bisa dilihat ketika mantan presiden Habibie menciptakan pesawat N250 pada tahun 1995, banyak masyarakat Indonesia yang mencibir kemampuannya. Belum lagi ketika beberapa siswa SMK di Surakarta berhasil menciptakan mobil yang diberi nama mobil Esemka masyarakat kita seolah-olah berlomba-lomba memberikan penilaian negatif terhadapnya. Miris memang, namun itulah yang terjadi pada bangsa kita. Sebagai bangsa yang berbudi luhur, sikap menghargai dan memberikan penghargaan terhadap jerih payah orang lain masih minim dimiliki oleh bangsa kita. Banyaknya korporasi asing yang masuk dan menanamkan sahamya ke Indonesia seperti Nestle, Unilever, Kraft Foods, KFC, dan lain-lain semakin mengukuhkan bukti bahwa produk luar kian digemari oleh masyarakat Indonesia. Meskipun keberadaannya makin menggeser pelaku

ekonomi domestik, pemerintah seolah menutup mata akan hal tersebut. Banyak para pelaku ekonomi kecil dan menengah yang akhirnya gulung tikar karena produknya tak lagi dilirik masyarakat. Sebuah kondisi yang lagi-lagi membuat hati ini terluka adalah pemerintah dengan segala kebijakannya membuka kran yang begitu lebar bagi pelaku ekonomi asing untuk menamamkan investasinya di Indonesia, sementara bagi pelaku domestik tidak dibekali dengan kebijakan yang mampu melindungi mereka dari dampak dan pengaruh pelaku ekonomi asing. Entah harus berkaca kepada siapa agar bangsa ini tak melulu hidup dalam gelimang hasil karya bangsa lain. Konsep liberalisme yang diajarkan bangsa barat nyatanya semakin membuat kondisi perekonomian kita semakin terpuruk. Rakyat yang miskin akan semakin miskin dan yang kaya akan semakin kaya. Mungkin dengan cara itulah bangsa barat sedikit demi sedikit menggerogoti perekonomian negara kita. Kita sebagai bangsa yang cerdas, sudah selayaknya membuka mata akan kondisi ini. Keberhasilan pemerintah pada dekade-1980 an yang berhasil menerapkan swasembada beras dan memasok kebutuhan pertanian negara-negara lain lewat ekspor yang dilakukan khususnya di wilayah Asia Tenggara hendaknya menjadi cermin bahwa harapan itu tidak sepenuhnya hilang. Pemerintah masih belum terlambat untuk memperbaiki kondisi perekonomian negara yang kian carut marut dari tahun ke tahun. Menerapkan kebijakan yang protektif bagi pelaku ekonomi domestik dan tidak melulu mengikuti arus yang ada menjadi kunci utama keberhasilan perekonomian Indonesia. Ditambah, penghargaan yang tinggi terhadap hasil karya anak bangsa juga menjadi poin serius yang tidak boleh diabaikan. Pemerintah harus serius menindak tegas pelaku ekonomi asing yang melakukan

Oleh:

MUTIARA APRILIA Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya Malang

tindakan eksploitatif terhadap sumber daya alam Indonesia. Jangan hanya karena takut tak bisa ikut terlibat dalam kancah perdagangan internasional, pemerintah kehilangan ‘taring’nya. Memperkenalkan produk dalam negeri dalam percaturan ekonomi internasional merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar. Jangan sampai, tragedi pencurian budaya oleh negara lain yang terjadi beberapa waktu lalu menjadi terulang kembali.

Sekarang atau tidak sama sekali menjadi kalimat motivasi yang pas untuk mengawal bangsa ini menuju kehidupan yang lebih baik. Pemerintah sebagai lembaga yang mengusung misi mensejahterakan masyarakat sudah seharusnya memberikan fasilitas dan modal bagi mereka yang produktif menciptakan hal-hal baru bagi kemajuan bangsa. PC Tablet Wakamini, Kapal Perang Siluman TNI AL, Bus Listrik, dan Panser Anoa adalah contoh karya anak bangsa yang layak mendapat apresiasi tinggi dari m masyarakat, khususnya pem merintah. Jika saja, setiap m masyarakat di Indonesia mau m mengapresiasi hasil keringat aanak bangsa, tentunya bangsa iini tak perlu merogoh kocek tterlalu dalam untuk semakin m memperkaya bangsa lain. Sudah saatnya kita menggubah sudut pandang dan cara ppikir lama. Produk buatan IIndonesia terbukti memiliki kualitas yang tak jauh berbeda dengan buatan luar negeri. Namun yang menjadi kendala, proses tersebut memang masih membutuhkan waktu untuk menguji kelayakannya. Proses inilah yang masih belum bisa diterima oleh masyarakat kita. Jika kita melihat Google misalnya, pendirinya butuh waktu sekitar kurang lebih 8 tahun sebelum Google mencapai puncak kejayaannya. Hal tersebut merupakan sebuah bukti bahwa untuk mencapai kes-

uksesan memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. China mampu menjadi eksportir terbesar di dunia mengalahkan Jerman juga karena kepiawaian pemerintahnya yang tidak mudah didekte oleh bangsa lain. Di saat bangsa lain tenggelam akan kenyamanan mengimpor barang-barang dari luar, China sibuk memperbaiki kondisi perekonomian domestiknya. Seluruh kemampuan pemerintah China dikerahkan untuk menciptakan infrastruktur dalam upaya menciptakan masyarakat yang produktif. Tentunya hal tersebut juga merupakan salah satu tujuan China agar mampu bersaing di kancah internasional. Hasilnya pun tidak mainmain, terbukti banyak produk China yang merangsek pasarpasar luar negeri, termasuk Indonesia. Jika saja pemerintah Indonesia mau sedikit berkaca pada China, banyak manfaat positif yang bisa diperoleh bangsa ini. Selain meningkatkan produktivitas dan nilai tambah dari suatu bahan mentah, lapagan kerja juga bisa dibuka lebar. Lebih jauh lagi, defisit anggaran pemerintah bisa diminimalisir. Melalui penciptaan masyarakat produktif dan berdaya guna melalui kegiatan wirausaha diharapkan akan muncul bibitbibit baru yang akan membawa bangsa ini pada kesejahteraan yang absolut. Semoga!

Polri dan Kenaikan BBM TIDAK ada pilihan lain bagi pemerintah kecuali menaikkan harga BBM ; bensin dari Rp 4500 menjadi Rp 6000 dan solar dari Rp 4500 menjadi Rp 5500. Menteri ESDM Jero Wacik menyampaikan pengumuman soal keputusan yang sangat berat itu. Masyarakat sudah harus siap menghadapi konsekuensi kenaikan tersebut, karena kenaikan harga BBM akan memicu harga yang lain untuk naik. Bahkan sebelum penguman resmi itu disampaikan, harga kebutuhan pokok lebih dulu naik. Apakah setelah harga BBM benar-benar dinaikkan, harga yang lain akan mengikuti naik lagi ? Itulah yang layak dicermati. Yang jelas, tarif transportasi akan naik karena hampir semua moda transportasi menggunakan BBM. Biasanya, kenaikan tarif transportasi itu ditentukan oleh pemerintah, tapi para pengusaha kebanyakan mendahuli dengan menaikkan sendiri. Masyarakat konsumen tidak punya pilihan lain kecuali mengikuti keputusan tersebut. Sebelum mengumumkan kenaikan harga BBM, pemerintah sudah minta Polri untuk ikut mengamankan keputusan tersebut. Tentu saja, Polri akan disibukkan oleh berbagai demo menolak keputusan tersebut oleh berbagai elemen masyarakat. Saat DPR memutuskan APBNP yang di dalamnya terdapat keputusan menaikkan harga BBM, para mahasiswa secara massif melakukan demo di seluruh Indonesia. Belum jelas, apakah setelah pengumuman itu para mahasiswa masih melakukan aksi turun jalan lagi atau tidak. Selama ini yang paling intens melakukan demo menentang kenaikan BBM adalah para mahasiswa dengan dalih untuk membela kepentingan rakyat, apalagi para mahasiswa akan merasakan sendiri dampak kenaikan tersebut. Sebelum kenaikan BBM, para mahasiswa sudah dikejutkan oleh berbagai keputusan internal kampus yang akan menyeragamkan biaya kuliah dalam uang kuliah tunggal (UKT). Kebijakan ini sempat ditolak oleh mahasiswa dalam berbagai demo, tapi tetap akan diberlakukan. Kalau ada komponen lain yang juga demo kenaikan BBM, tidak terlalu kelihatan. Partai-partai penolak kenaikan BBM pun hanya berwacana di dalam gedung DPR, tanpa aksi nyata. Untuk masalah ini – dan masalah-masalah lain – masyarakat sudah tidak percaya lagi dengan wakilnya di DPR. Maka, para mahasiswa yang menjadi bagian dari masyarakat, turun ke jalan untuk memrotes kebijakan tersebut. Entah apa hasilnya – biasanya kenaikan BBM tak akan dicabut meskipun ada penolakan yang sangat hebat – yang penting para mahasiswa itu terus melakukan aksi meneriakkan kemarahan atas keputusan yang menyengsarakan. Dalam banyak aksi, demo kerap diwarnai dengan perusakan dan pembakaran. Untuk urusan ini, Polri harus tampil ke depan untuk mengamankannya. Demo adalah aktivitas rakyat untuk menyampaikan aspirasi yang dilindungi UU, tapi tetap harus berada pada koridor yang ditetapkan. Boleh demo, tapi tidak sampai merusak dan mengganggu kepentingan umum. Di situlah Polri menempatkan dirinya mengamankan demo agar lancar, tidak mengganggu ketertiban dan tidak merusak. (redaksi@malang-post)

Dari Pembaca PEGAWAI TAREKOT AROGAN SELASA, 18 Juni 2013 Paud Nusa Indah (Jl. Simpang Borobudur Utara) mengajak anak didik untuk berwisata di Taman Rekreasi Kota di belakang kantor Balai Kota Malang. Saat akan memulai kegiatan (kira-kira pukul 09.15 wib), tiba-tiba seorang petugas (Ibu Nur Asmi dari Disbudpar UPT Taman Rekreasi Kota) mendatangi kami sambil marah-marah karena ada satu bungkus snack yang tidak dimasukkan bak sampah. Dengan arogan beliau membentak guru-guru di depan anak didik, sehingga membuat mereka takut dan situasi menjadi tegang. Yang lebih menyakitkan, beliau mengungkapkan

kata-kata yang sangat tidak pantas didengar. Saat beliau saya tegur dan saya sarankan untuk minta maaf kepada para guru, beliau menjawab tidak ada urusan. Sungguh sangat disayangkan ulah pengelola tersebut. Jika kami memang salah, apakah tidak bisa diperingatkan secara baik-baik? Pantaskah seorang pelayan masyarakat mengucapkan kalimat yang sangat tidak mendidik, apalagi dihadapan para balita? Apakah seperti ini pelayanan Taman Rekreasi Kota? Mohon tanggapannya! Anita Swastianingsih •Wali Murid•

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

PEMBINA : Dahlan Iskan, KOMISARIS UTAMA : Indra Slamet Santoso, KOMISARIS : Hj Dewanti Rumpoko, DIREKTUR UTAMA : H Imawan Mashuri, DIREKTUR : H Juniarno D Purwanto

SIUPP No : 369/SK MENPEN/SIUPP/1998 Tanggal 17 Juli 1998 Penerbit : PT. Malang Pos Cemerlang Rekening BCA KCP Gatot Subroto no. 400.310.35 98 ALAMAT REDAKSI / SIRKULASI / IKLAN Jl Sriwijaya 1-9 Malang, Telepon (0341) 340081-2, Fax (0341-369503). BIRO BATU Jalan Diran 1B Telp : (0341) 592967 Batu. PERWAKILAN JAKARTA Gedung Graha Pena Lt VI, Jl. Kebayoran Lama No. 12, Telp/Faks 021-53699683 (Hendra)

General Manajer : H Sudarno Seman, Pemimpin Redaksi: Sunavip Ra Indrata, Senior Editor: H Husnun N Djuraid, Manajer Iklan: H Edi Iswanto, Manajer Pracetak: Yudi Armadioka, Manajer Umum dan Keuangan: Laily Junaida, Manajer Pemasaran : Buari Koordinator Liputan : Sri Nugroho,Sekretaris Sekretaris Redaksi : Noer Adinda Zaeni, Kompartemen : Sumarga Nurtantyo, Abdul Halim, Redaktur Pelaksana : Dewi Yuhana, Redaktur : Mahmudi Muchid, Samsuliono, Jon Soeparijono, Shuvia Rahma, Muhaimin Staf Redaksi : Lailatul Rosida, Bagus Ary Wicaksono, Hary Santoso, Febri Setyawan, Ira Ravika, Vandri Battu, Sigit Rokhmad, Poy Heri P, Agung Priyo, Tommy Yuda P, Yudistira Satya WW Redaktur Foto : Guest Gesang Fotografer : Muhammad Firman, Rizal Fanany, Information & Technologi : JI Junaedi (koordinator), Nyono Juari Pracetak: Slamet Prayitno (koordinator), Kurdiyanto, Susilo, Achmad Muzamil, Rahmawati Fatimah, Eko Abdi Hasyim, Arif Syaifurrahman, Siti Nurchasanah Iklan : H Iswanto, Ismadi, Rendiyantok Sapto P, Zainal Arifin, Imam Wahyudi Sirkulasi : Wiyono (koordinator), Sirhan Sahri, Ronny, Hendro, Moch Suadi, Lutfi, Yunindra, Pengembangan Usaha : Taufikur Rahman (koordinator), Sinyo Suwignyo Umum dan Keuangan : Syafiudin (koordinator), Huda,, Nur Towilir (Iklan), Reni SP (Sirkulasi), Siti Muzayanah, Sujono, Bambang TL. Wartawan Malang Post dilengkapi tanda pengenal dan tidak diperkenankan menerima atau meminta uang dan barang apa pun dari narasumber. Redaksi Menerima Artikel atau Opini. Panjang naskah artikel tidak lebih dari satu halaman dan tidak mengandung SARA. Kirim bersama Flash Disk/CD ke Malang Post, Jl Sriwijaya 1-9 Malang, Telp (0341) 340081-340082 atau lewat e-mail: redaksi@malang-post.com, Website : www.malang-post.com Tulisan atau foto dengan kode sirkulasi, advertorial dan society adalah iklan. REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: SITI

SABTU, 22 JUNI 2013

5

SABTU, 22 JUNI 2013

6

Kata Guru

Sebaiknya Bawa Bekal Dra. Siti Alfah-SMAN 9 Malang

Perut Kenyang Belajar Nyaman BAGI sebagian orang, menjalani rutinitas sebelum sarapan sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi untuk mereka yang sangat sibuk dan memulai aktifitasnya di pagi hari. Padahal sarapan jadi asupan energi yang penting bagi tubuh. Namun bagi sebagian orang juga, sarapan jadi hal wajib yang harus dilakukan setiap pagi untuk memulai aktifitas. Seperti yang dilakukan Sella Mona Riskyta, cewek mungil ini wajib sarapan sebelum berangkat ke sekolah. Menu yang ia siapkan untuk sarapan juga sederhana, setiap paginya ia membuat makanan siap saji seperti quaker oatmeal atau membuat roti selai kesukaannya. Kalau ia bosan dengan roti selai dan oat-

mealnya, terkadang ia meminta bantuan ibu penjaga kos untuk membuatkan sup atau makanan lain. Siswi SMK 3 Malang ini juga tidak lupa minum susu sebagai pelengkap kebutuhan menu sarapannya. Cewek yang juga aktif di ekstra kurikuler modeling di sekolahnya ini tidak pernah seharipun melewatkan sarapan. Sesibuk apapun, ia selalu menyempatkan sarapan sebelum berangkat sekolah. “Aku harus sarapan setiap hari, sarapan itu nggak boleh kelewatan. Kalau misalnya aku kesiangan ya buat sarapan yang mudah dibuat aja, yang penting sarapan,” katanya. Selain modeling, siswi yang mengikuti ekskul ekstrakulikuler tarian tradisional

itu mengaku menjadi semangat belajar kalau ia memulai harinya dengan sarapan terlebih dahulu. “Aku udah dibiasain sarapan pagi sama mama. Soalnya kata mama sarapan pagi itu sangat penting buat kesehatan kita dan sangat berpengaruh terhadap daya konsen kita waktu belajar di sekolah. Biar semangat gitu,” ungkap cewek yang sekarang duduk di kelas X itu. Sedikit berbeda dengan Sella, Vregal Yundhan siswa SMA 10 Malang ini menyantap sereal sebelum berangkat sekolah. Namun cowok yang biasa disapa Vree ini tidak setiap hari bisa sarapan di rumah. Jika dirasa tidak ada waktu untuk

sarapan di rumah, cowok yang aktif dalam olahraga futsal dan badminton ini membeli makanan di kantin sekolah saat jam istirahat. “Aku biasanya makan sereal kalau mau berangkat sekolah, itupun kalau nggak kesiangan, ungkapnya. Menurut Vree, sarapan penting untuk menunjang energi saat beraktifitas. Cowok berbintang aries itu juga menambahkan, sarapan itu bisa meningkatkan konsentrasi saat di sekolah. Baginya menu sarapan yang baik adalah roti, karena roti bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dan praktis kalau dimakan setiap pagi. “Tapi ya itu, sarapan di rumah kalau sempet aja,” pungkasnya sembari terkekeh. (*/fia)

Terlewat karena Nggak Sempat BEBERAPA peneliti mengungkapkan betapa pentingnya sarapan pagi sebelum melakukan aktifitas. Namun, biasanya banyak yang tidak terlalu memperdulikannya. Remaja atau pelajar dibeberapa sekolah banyak yang tidak sarapan di pagi hari. Banyak alasan yang diungkapkan oleh beberapa narasumber. Salah satunya diungkapkan oleh Ilmy, siswa SMPN 4 Malang. Gara-gara susah bangun pagi, Ilmy pun sering melewatkan sarapan. “Susah bangun pagi, jadi selalu keburu-buru waktunya. Gak sempat sarapan, palingan ya minum sereal gitu. Itupun kalau ada, inget, dan mau. Gak sarapan juga sehat kok,” celoteh Ilmy. Beda lagi dengan Anisa, siswi tata boga SMKN 3

MOVIE QUOTE

MAKAN pagi atau sering disebut dengan sarapan ini, bagi sebagian orang merupakan ritual wajib. Pentingnya sarapan juga sangat dianjurkan orang tua bagi anak-anaknya. Tetapi jika sebagian remaja tidak sempat melakukan ritual ini bersama keluarga karena terkendala kesibukan, maka laternatif paling praktis adalah makan di kantin bareng teman saat jam istirahat. Fitria, siswi SMAN 9 Malang mengaku jarang sarapan karena kesibukannya di pagi hari. Bukan tanpa alasan jika Fitria melewatkan makan pagi. Baginya, mengisi perut terlalu pagi akan membuatnya gampang mengantuk di kelas. “Sarapan bikin ngantuk, Jadi biasanya minum air putih saja saja,” kata remaja manis ini. Jarang sarapan pagi ini memang sudah dilakukan sejak dulu. Ia mengaku

tidak pernah menelan sesuatu kecuali air putih di pagi hari. Selain bagus untuk pencernaan, air putih bagus untuk peredaran darah. “Nggak pernah dipaksa untuk sarapan sama orang tua,” lanjutnya. Orang tuanya memang tidak

Malang ini paham jika sarapan penting. Namun karena tinggal di tempat kos dan makanan harus menyediakan sendiri, maka sesi mengisi perut di pagi hari pun sering terlewat. “Kalau gak ada persediaan sarapan ya nggak makan. Tapi kalau di rumah itu wajib. Soalnya sering dimarahin kalau nggak sarapan,” tutur gadis yang hobi memakai bando itu. Meski sering sakit karena telat makan, namun ternyata Anisa nggak kapok lho. Bahkan dokter pun sempat memarahi doi karena beberapa bulan terakhir sering keluar masuk klinik karena kondisinya yang ngedrop. “Ya kalau ditanya dokter, kenapa kok gak mau makan sih? Ya aku jawab, habisnya di kos nggak ada yang masakin sih dok,” celetuknya. Padahal, Anisa tahu lho, ada manfaat besar ketika mengawali hari dengan sarapan. Perut yang terisi di pagi hari akan membuat otak lebih mudah berkonsentrasi dalah menyerap pelajaran yang diberikan oleh guru. “Nggak gelisah membayangkan kantin karena kelaparan di kelas,” imbuh siswa yang baru saja menjalani PSG di salah satu hotel di Kota Malang ini. (*/fia)

If you love someone... you say it, right then, out loud. Otherwise... the moment just passes you by.” FROM MY BEST FRIENDS WEDDING

Sarapan Bikin Mata Berat menganjurkan si remaja yang mengaku menyukai musik ini untuk makan sesuatu yang berat dipagi hari. Terkadang ia juga membawa bekal untuk di konsumsi bersama teman-temannya. Remaja yang bersuara indah ini juga mengungkapkan jika sebenarnya sarapan itu penting hanya saja waktunya kurang cukup untuk menelan sebagian karbohidrat, mineral, vitamin dan protein yang ada dalam sepiring sarapan pagi. Terkadang cewek yang berzodiak Aquarius ini mengalami kejadian yang membuatnya tak nyaman ketika berada di dalam kelas. Ia mengaku terjadi kesalahan dalam perutnya ketika saat itu sarapan dengan porsi sangat besar. “Pertama, jelas bikin ngantuk dan malas di kelas, kedua, suka kembung,” tutupnya. (*/fia)

“SARAPAN pagi itu sangat penting bagi siswa/siswi. Karena sarapan itu sumber energi yang baik bagi tubuh agar siswa tidak lemas saat kegiatan belajar,” ungkap Dra. Siti Alfah. Ia mengatakan, sarapan pagi harus yang mengandung gizi yang seimbang sehingga tidak membuat siswa menjadi malas bahkan mengantuk saat proses belajar. Dengan mempertimbangkan kandungan karbohidrat yang seimbang serta protein. “Jika ada siswa yang tidak sarapan karena waktu yang mepet atau dengan kondisi dirinya yang belum siap sarapan sebaiknya membawa bekal. Kalau membawa makanan dari rumah, mesti terjamin kualitasnya, gizi maupun kebersihannya,” lanjut pengajar mata pelajaran PKN ini. Ibu yang selalu menyiapkan sarapan bagi keluarganya ini memberikan sedikit tips bagi sebagian orang tua yang jarang menyiapkan sarapan pagi. “Kalau takut bangun kesiangan dan jadinya nggak sempat masak, malam harinya semua disiapkan. Mulai meracik bumbu, sayuran dan lain lain. Lalu paginya tinggal memasaknya,” tutur guru yang selalu sarapan pagi dengan jus buah dan nasi pecel ini.” (*/fia)

Sobat M-Teens

Speak Up

Perut Jadi Error Catherine Rembulan Zuyina Liddini, SMP N 4 Malang “SARAPAN itu pen ting sih, tapi lebih penting lagi kalo nggak sarapan. Lebih aman kalau kelas. Soalnya, sarapan bikin perut mules. Kalau kepengin sarapan, ya makannya sebelum mandi. Jadi perutnya nggak bakal error pas di kelas. Gak lucu juga pas pelajaran lagi seru-serunya, mendadak mules.” (*/fia)

Roti dan Telur M. Rian Reza, SMAN 9 Malang “BIASANYA aku makan pagi dengan nasi dan telur. Namun jika nasi nggak ada, ganti sama roti. Kalau ibu di rumah ya dimasakin menu lain, tapi kalau sedang ke luar kota ya makan dengan itu saja.” (*/fia)

Selalu Donk! Bella Widya Areta, SMPN 4 Malang

TEKS: LULUK MASRUROH (UM) - LAILI ULFIA PUSPITASARI (UM) - PUSPITA TRISNO YUNI ANGGRAINI (UM) MODEL: PUTRI THANIA DEWINTA - SMPN 1 MALANG FOTOGRAFER: RIZAL FANANY - MALANG POST

“SARAPAN itu penting, biar gak jajan di kantin. Aku nggak suka antri di kantin saat perut keroncongan, mana makanan kantin kan kita nggak tahu sehat apa nggak. Kalau pagi masih sibuk dengan menyiapkan perlengkapan sekolah dan nggak sempat sarapan, biasanya mama menyiapkan bekal untuk dibawa ke sekolah. ” (*/fia) REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI

SABTU, 22 JUNI 2013

Eva’s Bag Collection

VARIETY DEPARTMENT STORE

Tas Lokal Harga Terjangkau MALANG – Jika Anda sedang berencana menjadi seorang pedagang online untuk produk tas dan dompet, cobalah mengunjungi Eva’s Bag Collection di Gajah Mada Plaza. Beberapa produk tas lokal ditawarkan dengan harga terjangkau dan kerap kali dijadikan jujukan oleh reseller online. “Produk di tempat ini saya mendapatkan pasokan dari Jakarta. Beberapa produk diimport dari Hongkong,” ujar Kholifah Zain, Pemilik Eva’s Bag Collection. Menurutnya, koleksi yang ditawarkan Eva’s Bag Collection biasa menjadi jujukan oleh pedagang online karena harga terjangkau. Untuk aneka tas fashion dibandrol dengan harga mulai dari Rp 50 ribu. Sebagian besar merupakan brand yang tengah digandrungi seperti LV, Zara, atau Channel. “Pelanggan saya lebih sering pelaku bisnis online,” imbuh perempuan yang akrab dipanggil Eva ini. Selain tas dengan harga terjangkau tersebut, produk dari Hongkong juga tersedia. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi berwisata ke negeri Jackie Chan tersebut, dan sudah mendapatkan tas fashion seperti Bebeye, Adamerly, atau Vitoss dengan harga

7

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

TERJANGKAU: Harga terjangkau membuat banyak penjual online yang mengambil barang di Eva’s Bag Collection.

Besok Terakhir MALANG – Besok menjadi hari terakhir gelaran Summer Sale dalam rangka ulang tahun ke 31 Variety Department Store. Dapatkan berbagai produk fashion pilihan dengan harga diskon hingga 50 persen. Di sektor pakaian pria ada koleksi dari Jim’s Audent, Emba, Top Ten Jeans dari harga normal Rp 189 ribu, dipangkas menjadi Rp 94 ribuan saja. Di bagian koleksi perempuan, ada celana Top Ten, Sofania, Sov-G yang ditawarkan dengan harga spesial hanya Rp 71 ribuan. Blouse merek Nice Chick, QLM, rajut TRF, Eugene yang biasanya dibandrol dengan harga Rp 109 ribu, selama promo ulang tahun cukup ditebus dengan harga Rp 32 ribuan saja. Koleksi anak-anak lain yang bisa didapatkan di Variety antara lain jaket bulu dari harga Rp 69 ribuan, turun menjadi Rp 48 ribuan. Ada juga kemeja penguin yang didiskon ganda 30 persen dan 20 persen. (fia)

WISNU KARYA MEBEL

Kredit Murah Tanpa Uang Muka

mulai dari Rp 300 ribu ribu. Masih merasa kurang? Terdapat pula aneka dompet berkilau dengan harga yang jauh dari perkiraan Anda. Bandrol mulai dari Rp 35 ribu dipatok

oleh Eva untuk produk lokal lokal. “Produk lain seperti dompet pesta mulai dari 35 ribu. Terdapat pula produk dompet KW mulai dari Rp 100 ribu. Namun yang paling digemari untuk harga Rp

35 ribu ini ini,”” beber dia panjang lebar lebar. Jadi, bila Anda ingin segera berbisnis online tas fashion, Eva’s Collection layak menjadi salah satu pemasok yang Anda percaya. (ley/fia)

INGIN Melengkapi perabotan rumah tangga namun dana terlalu mepet, jangan khawatir. Wisnu Karya Mebel bisa memfasilitasi kebutuhan Anda memiliki perlengkapan rumah tangga dengan sistem kredit tanpa uang muka yang pastinya tingan. Salah satu penawaran menarik yang bisa Anda pilih adalah LED TV 32 inci merek Mito. Televisi lebar dan datar yang menawarkan tampilan gambar yang tajam dan suara yang jernih ini dibandrol dengan harga Rp 2,5 juta. Anda bisa mendapatkannya secara kredit sebesar Rp 264 ribu per bulan selama satu tahun. Untuk memperoleh fasilitas tersebut, Anda bisa datang ke cabang0cabang Wisnu Karya Mebel yang tersebar di Malang Raya, antara lain di jl Danau Jonge, Sawojajar, jl Ikan Piranha, jl Panji Pulang Jiwo, Pakisaji, jl Semeru, Dilem, Kepanjen. (fia)

LAI LAI

Produk Segar Lengkap dan Berkualitas MALANG – Market Buah Lai-Lai, bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk berbelanja kebutuhan buah segar. Kelengkapan aneka pilihan buah hingga sayuran yang berkualitas bisa Anda dapatkan di sini. Yohanes Harianto, Manajer Operasional Market Buah Lai-Lai ketika ditemui Malang Post menuturkan, bahwa Lai-Lai unggul dalam ketersediaan aneka buah. “Aneka buah ada di tempat ini, baik lokal maupun impor tersedia,” tuturnya. Harga juga kompetitif dengan buah yang berada di Supermarket di Kota Malang, serta dengan pilihan yang beraneka ragam. Jeruk keprok siam

dibandrol dengan harga Rp 18.600/ kilo, jeruk madu bali seharga Rp 32 ribu/pcs, dan labu Jepang ditawarkan Rp 17.500/kilo. Aneka apel juga tersedia, bahkan lebih dari 10 jenis apel yang bisa Anda pilih. Diantaranya, apel fuji USA dengan harga Rp 38 ribu/kilo, apel pink lady seharga Rp 31.700 dan apel red del cherry harganya Rp 24 ribu/ kilo. Menurutnya, sebagian buahnya merupakan impor dari USA (Amerika), yang hadir dengan ciri khas tertentu. “Rata-rata bentuk buah dari sana bentuknya ada moncong dan sedikit lonjong,” bebernya.

Selain itu, buah lain seperti lengkeng Thailand dengan bandrol harga Rp 32.800/kilo, melon kinanti ibana Rp 19 ribu/kilo dan jeruk nova Australia Rp 40 ribu/kilo. Masih terdapat pula jeruk valensia Mesir yang harganya Rp 25.400/kilo. Apakah Anda masih merasa kurang? Terdapat anggur hijau calmeria dengan bandrol Rp 59 ribu/kilo, anggur crimson seedless seharga Rp 78.700/kilo hingga melon platinum yang ditawarkan dengan harga Rp 33.600/kilo. Masih ada buah lain seperti salak, pisang, semangka hingga pepino. Aneka sayur juga tersedia dengan

kondisi yang segar dan siap menggugah selera Anda untuk berbelanja dengan harga mulai dari Rp 2.000. “Selain itu kami juga menyediakan jajanan tradisional buatan warga Kota Malang. Bisa dikatakan UKM di Malang yang menyuplai beberapa produk kami untuk jajanan dan masakan matang,” pungkasnya. (ley/fia)

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

LENGKAP: Lai lai menyediakan berbagai produk fresh yang lengkap mulai dari dalam negeri hingga luar negeri.

DECOFRESH Warnai Yayasan Al Ikhlas SERAH TERIMA: Prosesi penyerahan cat kepada Pembina Yayasan Al Ikhlas Abdul Khalik Syukur oleh Vice President PT Intidayaguna Aneka Warna (Decofresh), Steven A Sugiharto didampingi Dandim 0833 Letkol (Inf) Gunawan Wijaya.

PT Intidayaguna Anekawarna menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan. Produsen cat Decofresh ini melaksanakan salah satu program corporate social responsibiilty (CSR) yaitu dengan menyumbangkan 6 kaleng atau 120 kilo cat bermerek Decofresh untuk pengecatan Yayasan Al Ikhlas di Jalan Janti Selatan No 50 Kota Malang. Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0833 Letkol (Inf) Gunawan Wijaya, Vice President PT Intidayaguna Aneka Warna (Decofresh), Steven A Sugiharto, perwakilan Dekopinda dan pengurus serta anak asuh Yayasan Al Ikhlas. FOTO DAN TEKS: STENLY REHARDSON/ MALANG POST

DANDIM HADIR: Dandim 0833 Letkol (Inf) Gunawan Wijaya, turut hadir dalam program kerjasama ini, serta memberikan sambutan.

SIMAK: Undangan mendengarkan sambutan dengan seksama.

BAWA DOA: Salah satu perwakilan dari Yayasan Al Ikhlas membawakan doa dan ucapan syukur atas berkah yang diterima oleh seluruh anggota yayasan.

PROGRAM CSR: Vice President PT Intidayaguna Anekawarna (Decofresh), Steven A Sugiharto menyampaikan program CSR seperti pemberian cat untuk yayasan sosial akan terus berlanjut.

POSE DULU: Sebelum acara berakhir, beberapa anggota yayasan menyempatkan diri berpose dengan Steven A. Sugiharto dan Dandim 0833 Letkol (Inf) Gunawan Wijaya.

SIAP BERTUGAS: Anggota militer ini yang siap bertugas melakukan pengecatan Yayasan, terlebih dahulu bersama mengikuti prosesi serah terima sumbangan cat.

AYO KERJA: Bersama-sama melakukan pengecatan, menjadi salah satu program dari bapak-bapak berpakaian hijau loreng ini, sebagai bentuk kepedulian sosial. REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI

SABTU, 22 JUNI 2013

LAPANGAN TAK LAYAK, HENDRA EKA/JPNN

PERSIAPAN: Pemain Timnas U-23 Joko Sasongko saat tampil mengadapi Jakarta All Stars beberapa waktu lalu.

Latihan Kacau

Timnas U-23 Akan Panggil 24 Pemain JAKARTA-Timnas U-23 tak akan mengubah program meski meraih hasil kurang memuaskan dalam dua kali uji coba pada seleksi tahap I. Tapi, untuk memperkuat skuad Garuda Muda menuju SEA Games Myanmar, 2013, seleksi tahap III sangat diharapkan. Itu karena akan melibatkan pemain Indonesia yang merumput di luar negeri. Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan menjelaskan bahwa permainan anak didiknya belum maksimal, terutama dalam penyelesaian akhir. Sebab, beberapa peluang yang didapatkan, lini depan Timnas yang dipercayakan kepada Agung Supriyanto, Andik Vermansah, dan Joko Sasongko belum berhasil menjebol gawang Tim lawan. Masalah itu bukan saja dialami saat Skuad Garuda Muda menghadapi Jakarta All Stars pada 19 Juni lalu, tapi juga saat meladeni Singapura di Solo pada 8 Juni lalu. “Kami masih ada dua tahap seleksi lagi. DI seleksi itu kami akan berusaha untuk menemukan kekurangan-kekurangan pemain yang ada,” ucapnya. Melihat skuad di lini belakang dan tengah, Timnas U-23 memiliki banyak stok bagus. Tapi, untuk lini depan, sampai sejauh ini Rahmad terlihat belum menemukan pemain yang pas. Bahkan, Agung Supriyanto yang berpengalaman

dengan skuad Timnas di penyisihan Piala AFC U-22 2012 silam, tak juga menunjukkan performa gemilang. Jika di seleksi tahap II Juli mendatang Rahmad bakal memanggil sekitar 24 pemain, maka di seleksi tahap III jawaban kebutuhan TImnas U-23 akan pemain berkualitas mungkin bisa terjawab. Sebab, pemainpemain Timnas yang bermain di luar negeri seperti Syamsir Alam (DC United), Alfin Tuasalamony dan Manahati Lestussen (CS Vise) juga akan dilibatkan. “Mudah-mudahan menjadi solusi atas kebutuhan skuad. Tapi kami melihat masih banyak pemain bagus yang akan kami seleksi di tahap II dan III,” tegasnya. Pada dua tahap seleksi itu, Timnas juga sudah mendapatkan kepastian lawan untuk menjalani uji coba. Pada tahap II Juli, Malaysia dan Singapura akan menjadi lawan tanding Andik Vermansah dkk. Selanjutnya, pada seleksi tahap III Agustus, Brunei Darussalam sudah memberikan konfirmasi. Sedang Timor Leste masih belum mengkonfirmasikan kesediannya. Di sisi lain, Timnas U-19 akan memulai rangkaian pemusatan latihan (TC) besok (23/6) di Jogjakarta. Pada medio 23-26 Juni, akan dilakukan seleksi tahap I untuk menyeleksi 40 nama yang sudah dipanggil.(aam/jpnn/jon)

DAFTAR PEMAIN SELEKSI TIMNAS U-19 TAHAP 1 (24-26 JUNI 2013) 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30. 31. 32. 33. 34. 35. 36. 37. 38. 39. 40.

Ravi Murdianto (Perserang) Rully Desrian (PPLP Padang) Jupriyanto (PSP Padang) Eriyanto (Asmaras Sukabumi) M.Fathur Rohman (Persekap Pasuruan) Bagas Adi Nugraha (SFC U-21) Carli Karonika (PSPS U-21) M Sahrul Kurniawan (Persinga Ngawi) Putu Gede Juni Antara (Diklat Ragunan) Deppi (Mega Jaya Muara Bungo) Heri Setiawan (Persela U-21) M Hargianto (Diklat Ragunan) Evan Dimas Darmono (Persebaya) Hendra Sandi Gunawan (Persiraja) Mariando Djonak Uropmabin (PPLP Papua) Paulo Oktavianus Sitanggang (Jember United) Dio Permana (Persema Malang) Miftahul Hamdi (Persiraja) Gavin Kwan Adsit (Bali) Djali Ibrahim (Ternate) Ichsan Kurniawan (SFC U-21) Muchlis Hadi Ning Syaifulloh (Persekap Pasuruan) Indra Kelana Nasution (Medan Putra) Reza Fahlevi (PSDS Deli Serdang) Dimas Drajad (Gresik U-21) Jupri Bubun (Persisam U-21) Faria Rofanda (Persisam U-21) Tedi (Persisam U-21) Terens O .Puhiri (Persisam U-21) Franky J. Kandars (Putra Kenari) Yabes R. Malaivani (Putra Kenari) Najario Dacosta (Kupang) Utam Rusdiana (Arema U-21) Riyan Ardiansyah (Diklat Salatiga) Junaldo Alfariustus Kaipman (PPLP Papua) Tyan. S (Bina Putra Cirebon) Mulyana Sidiq (Bina Putra Cirebon) Firmansyah (Persija U-21) Syaifullah (Persija U-21) Erik Dwi Ermawansyah (Mitra Surabaya)

8

PSSI Janji Selesaikan Tunggakan Gaji Pemain PSMS Medan JAKARTA-Aksi demonstrasi yang dilakukan 11 pemain PSMS Medan di Kantor PSSI mulai membuahkan hasil. Ke11 pemain yang menuntut pembayaran gaji tersebut mulai mendapat kejelasan setelah Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Joko Driyono bersedia menemui mereka. Joko Driyono mengungkapkan bahwa tuntutan pembayaran gaji 11 pemain PSMS Medan itu adalah hal yang Joko Driyono wajar. Pria yang juga menjabat sebagai CEO PT Liga Indonesia itu tidak mempersalahkan langkah pemain PSMS Medan yang melakukan aksi demonstrasi di Kantor PSSI. “Kita tetap mengapresiasi. Kalau demonya mau dilanjutkan silakan,” kata Jokdri -sapaan Joko Driyono, Jumat (21/6). Jokdri menyatakan, PT Liga Indonesia tidak akan lepas tangan dalam persoalan ini. Minggu depan, PT Liga Indonesia akan mempelajari proposal pembayaran gaji PSMS Medan yang akan diajukan pekan depan. “Intinya kami akan tetap membantu proses penyelesaian pembayaran gaji pemain. Minggu depan kami akan menerima proposal pembayaran gaji pemain,” jelasnya. Dari pengakuan pemain PSMS Medan, mereka tidak mendapat pembayaran gaji selama 10 bulan. Namun berdasar informasi yang diperoleh Jokdri dari manajemen PSMS Medan, jumlahnya tidak sebesar itu.(abu/jpnn/jon)

Thierry Janji Matikan Dzumafo Sambungan dari Halaman 12 FINO YUDISTIRA/MALANG POST

TAK MAKSIMAL: Pemain Arema Indonesia saat latihan di Stadion Bumi Sriwijaya, kemarin sore. PALEMBANG – Hari kedua latihan Arema Indonesia di Palembang sepertinya belum juga maksimal. Sore kemarin, Singo Edan dijadwalkan latihan di Stadion Bumi Sriwijaya mulai pukul 16.00 WIB. Namun, ketika tim sudah sampai di stadion tengah kota itu, kondisi rumputnya sangat mengecewakan dan di bawah standar latihan. Tak heran, program latihan yang sudah disusun oleh pelatih Arema Rahmad Darmawan berubah total. “Program kita ubah semuanya. Kondisi lapangan di luar perkiraan tim pelatih, terpaksa materi yang harusnya dilaksanakan hari ini di-cancel,” ungkap RD, sapaan akrabnya, kepada Malang Post, usai latihan kemarin (21/6).

Kondisi lapangan stadion Bumi Sriwijaya memang tidak layak untuk latihan. Pada beberapa sisi, rumput sudah gundul. Sementara, di sisi lain, rumput lapangan terlalu panjang. Tak heran, RD tidak mau mengadakan latihan teknik dan strategi dalam kondisi lapangan yang buruk. Namun demikian, kapten TNI-AL itu sudah menyiapkan rencana cadangan untuk program latihan. Purwaka Yudhi dkk diberi materi latihan fun games untuk meningkatkan kepercayaan diri pemain. “Kita beri latihan fun games untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Sebab, kita butuh semangat dan moral yang tinggi demi menghadapi tim sekelas Sriwijaya FC,”

ungkap RD mantap. Ada beberapa simulasi fun games yang dilakukan oleh RD terhadap Arema. Tetapi, karena fun games, intensitas latihannya cenderung ringan. “Kita fokus pada peningkatan suasana tim yang enjoy dan tanpa tekanan. Mereka serius, tapi tetap santai dalam latihan,” tandas mantan pelatih Persija tersebut. Meski demikian, RD bakal menebus semua sesi latihan berat dan bersifat teknis pada uji lapangan yang rencananya digelar pagi ini (22/6) di Stadion Jakabaring Palembang. “Kita akan simulasi saat uji lapangan. Kita manfaatkan waktu uji lapangan sebaik mungkin untuk mematangkan taktik dan simulasi permainan,” tutup RD.(fin/jon)

Bendol: Dibanding Sergio, Pacho Lebih Lihai JAKARTA - Laga Persija Jakarta versus Persib Bandung dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Sabtu (22/6) juga akan menjadi pertarungan antara dua striker tajam, Serginho ‘Sergio’ van Dijk dan Emanuel ‘Pacho’ Kenmogne. Pelatih Persija Benny Dolo menilai, Pacho dan Sergio punya kualitas sama. Tapi dari

segi skill individu Paco menurutnya lebih matang dibanding Sergio. Namun diakui, kondisi fisik anak asuhnya, Paco, sedikit terganggu karena baru saja menyelesaikan kompetisi panjang di Cyprus. “Cuma yang jadi persoalan Pacho sangat lelah di Cyprus, datang ke sini tidak ada waktu istirahat. Kondisinya baru 90 persen,” kata Benny Dolo di Jakarta, Jumat (21/6).

Pelatih yang akrab disapa Bendol itu melihat Sergio adalah tipe striker yang cool tapi mematikan. Gol-golnya lebih banyak melalui penempatan bola, bukan dengan tendangan keras. Kelebihan Sergio lainnya karena bisa menjadi tembok untuk mengirimkan bola ke rekan-rekannya. “Tidak ada pengawalan khusus terhadap Sergio. Kita punya Fabiano dan Nanak yang bisa mengimbangi,” tegasnya. (abu/jpnn/jon)

dan teman baik ketika berada di luar lapangan. Kesamaan tanah kelahiran membuat kedua pemain yang sama dalam tanah perantauan itu cepat akrab. Thierry sudah lama mengenal Dzumafo. “Saya sudah lama kenal Dzumafo. Dia teman dekat saya. Dia orang yang baik,” ungkap mantan penggawa Hibernian tersebut. Namun, meski berteman, Thierry tak mau berkompromi ketika bertarung di lapangan hijau. Permusuhan bakal terjadi selama 90 menit. Setelah itu, Thierry kembali berteman dengan mantan striker Arema itu. Thierry mengakui, Dzumafo adalah striker yang berbahaya dan memiliki kekuatan dalam menahan bola. “Dia pemain yang bagus. Dia kuat dan bisa bikin gol kalau dapat sedikit peluang,” ungkap mantan pemain Montpellier tersebut. Meski demikian, Thierry sudah siap membendung aksi temannya ini. Dengan kerjasama dengan anggota defender seperti Victor Igbonefo, Hasim Kipuw dan Purwaka Yudhi, Thierry cukup yakin bisa mematikan pergerakan Dzumafo. “Kitalah yang akan menang. Saya ingin Arema menang, meskipun Dzumafo dan Sriwijaya FC dekat dengan saya,” tutupnya.(fin/jon)

Aremania Ladub Ke Palembang Sambungan dari Halaman 12

dari keinginan untuk mendukung Alberto Goncalves dkk secara langsung. Aremania yang berangkat ke Palembang ingin melihat sendiri kemenangan Arema atas Sriwijaya FC. Karena itu, Amin berharap dengan loyalitas dan dukungan seperti ini, Aremania tidak ragu-ragu untuk mengambil poin penuh di kandang Laskar Wong Kito, julukan Sriwijaya FC. “Kami tidak segan untuk memberi dukungan kami, sampai berangkat ke Palembang, semua dengan biaya sendiri. Jadi kami harap para pemain dan pelatih bisa mengerti ini. Dan kami harap juga, Arema tidak kalah dan bisa membawa kebanggaan ketika pulang ke Malang,” tandas pria yang berdomisili di Jalan Stasiun, Lawang itu.(fin/jon)

Suarez Oh Suarez RECIFE - Striker Uruguay Luis Suarez kembali dikaitkan dengan hal-hal buruk. Kali ini pada kasus hilangnya sejumlah uang milik para pemain Spanyol. Peristiwa itu terjadi saat tim matador bertanding melawan Uruguay di Pernambuco Stadium, Recife, Senin (17/6) lalu. Paling tidak ada enam pemain Spanyol yang menjadi korban. Total kerugian akibat kemalingan itu mencapai EUR 1.000 atau setara Rp 12 juta. ‘’Memang benar ada laporan kehilangan. Sudah ada laporan juga ke polisi. Saat ini pihak berwenang sedang memproses. Kami juga sudah kontak dengan tim, ’ kata Juru Bicara FIFA Pekka Odriozola.

Persoalan keamanan memang menjadi salah satu isu di setiap penyelenggaraan agenda besar sepakbola di negara dunia ketiga. Situasi yang sama juga terjadi di Piala Konfederasi 2009 dan Piala Duna 2010 Afrika Selatan. Kekhawatiran yang sama juga terjadi sebelum Piala Konfederasi digelar di Brasil. Harian Marca menulis, satu-satunya tersangka yang paling mungkin bertanggung jawab adalah Suarez. Tapi, bukankah striker Liverpool itu ikut berlaga menghadapi Spanyol? Lantas, bagaimana dia bisa mencuri? ‘’Sebab, secara natural dia selalu menjadi tersangka pertama pada hal-hal buruk yang terjadi,’’ tulis Marca. (aga/jpnn/jon)

Kayamba Masih Idola Sambungan dari Halaman 12

Bantu Pengecatan Panti Asuhan di Janti Sambungan dari Halaman 10

Untuk itu, cat bermerek Decofresh sebanyak 120 kg disumbangkan untuk kegiatan ini. “Melalu proposal dari pihak yang bekerja sama ini, kami bisa menyediakan sejumlah ini. Dekopinda yang menyeleksi dan mengusulkan, dan dari Kodim menggerakkan beberapa anggotanya untuk terlibat dalam pengecatan mulai hari ini,” urainya. Dia mengungkapkan, di tahun 2013 ini sudah ada dua program CSR untuk wilayah Kota Malang, setelah sebelumnya pengecatan pagar lapangan Rampal, dan selalu bekerjasama dengan Kodim 0833 untuk

menjalankan program ini. Dandim 0833 Letkol (Inf) Gunawan Wijaya merasa bangga dengan upaya dan perhatian dari PT. Indana Paints ini. Dia mengharapkan, bahwa kegiatan seperti ini akan terus berlanjut, dan produsen cat di kawasan jalan LA. Sucipto ini terus bekerja sama dengan Kodim 0833 untuk menjalankan program CSRnya. “Semoga kegiatan ini bukan yang pertama dan terakhir di tahun ini, tetapi terus berkelanjutan. Kegiatan seperti ini membantu banyak pihak yang terlibat,” tegas Gunawan. (ley/nug)

era tahun 2007-2008. Serta memberikan tiga gelar Piala Indonesia secara berturutturut,. Tak heran puja puji fans masih menggaung ketika mantan pemain Hull City tersebut berlatih bersama Arema di Palembang. “Senang rasanya bisa kembali menginjakkan kaki di tanah Palembang, saya mencintai kota ini. Apalagi, suporter Palembang juga baik, saya tahu karena saya mengalaminya sendiri. Bagaimana ketika kalah, suporter Palembang bisa memberi reaksi sewajarnya, tidak berlebihan,” ungkap Kayamba. Namun, rasa senang terhadap kota dan suporter itu hanya sebatas di luar lapangan saja. Sebab, sekarang Kayamba adalah

penggawa Singo Edan. Kayamba tidak mau rasa senang terhadap iklim suporter yang baik di Palembang mempengaruhinya saat berlaga lawan di Stadion Jakabaring lawan mantan tim pertamanya di ISL tersebut. Suami dari Laurencia Gumbs tersebut mengungkapkan, sekarang dia adalah pemain professional yang membela Arema. Hal ini bakal membuatnya bermain all out melawan Sriwijaya FC. Ia tidak akan segan untuk mencetak gol ke gawang tim besutan Kas Hartadi tersebut. Apalagi, Arema sedang membutuhkan kemenangan agar tetap bertahan di papan atas klasemen. “Saya adalah pemain professional, saya tahu saya pernah di

Sriwijaya. Tapi sekarang saya pemain Arema. Saya akan bekerja keras, beri kontribusi terbaik saya untuk Arema, bahkan membawa kemenangan bagi tim saya. Karena seluruh anggota tim saya ingin menang,” ungkap ayah dari Nayaka dan Shayan Gumbs itu. Di atas kertas, peluang Kayamba untuk bermain sebagai starter sangat besar. Tanpa ada urusan akumulasi kartu dan cedera, mantan penggawa Kitchee tersebut dipastikan melengkapi lini depan Arema, yang sudah diperkuat Christian Gonzales dan Alberto Goncalves. Sosok pemain senior seperti Kayamba dibutuhkan Arema untuk menyeimbangkan skuad Arema yang banyak dihuni pemain muda.(fin/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: SLATEM

SABTU, 22 JUNI 2013

9

TINJU

Enam Ronde Buat Maxi

LeBron James

JAKARTA -Jack Macan berambisi membalas kekalahan kepada Maxi Nahak Berek. Petinju asal Sasana KPJ Bulungan Jakarta itu menerima pil pahit setelah dinyatakan kalah angka dari Maxi pada pertarungan Maret lalu. Malam ini (22/6), di Studio V TVRI Senayan, Jakarta, mulai pukul 22.30 WIB, Jack mendapatkan kans revans dalam kejuaraan perebutan sabuk juara kelas menengah junior (69,8 kilogram) 12 ronde FTI. Berbekal rekaman pertemuan sebelumnya, Jack siap menghempaskan Maxi. “Saya punya target menang KO sebelum ronde keenam. Saya mau membalas kekalahan di pertemuan pertama lalu,” kata Jack kemarin (21/6). Petinju yang bernama asli Yonathan Simamora itu mengaku tidak puas dengan penampilannya tiga bulan lalu. Dari video pertandingan melawan Maxi, petinju berusia 27 tahun itu menyebutkan faktor stamina yang tak stabil menjadi penyebab kekalahannya. Karena itu, dalam pertemuan malam ini Jack tak mau mengulang kesalahan lagi. Maxi pun tak mau kalah sumbar. Petinju asal Sasana Sasando Tangerang itu mengincar kemenangan knock out. Meski tak menyebutkan ronde, petinju kelahiran Belu itu mengaku telah mengantongi kelemahan lawan. “Saya persiapan lawan Jack ini sekitar satu bulan setengah. Kalau diberi kesempatan Tuhan menang KO, akan saya gunakan sebaik mungkin,” tutur Maxi. Dalam pertemuan kedua ini, Maxi berjanji bertarung lebih agresif dari sebelumnya. Akurasi pukulan juga akan ditingkatkan. Maxi bakal menghujani pertahanan Jack dengan straight dan hook yang jadi andalannya. Dari pengalaman bertarung, Jack lebih unggul. Yakni 30 banding 22 kali. Faktor jam terbang ini jugalah yang akan dijadikan Jack senjata utama, selain uppercut dan hook. Sepalin Jack versus Maxi, dalam laga pembuka akan tersaji pertarungan perbaikan peringkat enam ronde kelas bulu junior (55,3 kilogram) antara Romy Wesar Rahayan (Amda BC Kalbar) akan bertarung dengan Kondo Arul (Subur Patrol BC Indramayu). (dra/ang/jpnn/jon)

Jenson Button Coba Tarik Dukungan Fans Inggris

LeBron Sabet MVP Final MIAMI - LeBron James menjadi salah satu pemain yang paling bahagia dengan gelar juara yang diraih Miami Heat di NBA musim ini. Forward Heat tersebut ditabalkan sebagai Most Valuable Player (MVP) partai final. Raihan LeBron dan Heat pun segendang sepenarian. Musim lalu, ketika Heat menjadi jawara, pemain 28 tahun tersebut juga dinobatkan sebagai pemain terbaik final. Bagi LeBron, gelar MVP juga merupakan penegas atas kehebatannya musim ini.

Sebelumnya, mantan pemain Cleveland Cavaliers tersebut juga menjadi MVP NBA 2013. LeBron pun menyamai prestasi yang diukir empat pemain yang sebelumnya juga sukses menjadi MVP final dua musim berturut-turut. Mereka ialah Michael Jackson (1991-1993, 1996-1998), Hakeem Olajuwon (1994, 1995), Shaquille O’Neal (2000-2002) serta Kobe Bryant (2009, 2010). Gelar sebagai MVP tak lepas dari performa hebat LeBron di

partai pemungkas. Dia sukses membukukan double double dengan 37 poin dan 12 rebound saat membantu Heat menang atas San Antonio Spurs dengan skor tipis 95-88 dalam laga yang dilangsungkan di American Airlines Arena, Miami, Jumat (21/6). “Saya datang ke pertandingan hanya untuk memenangi sebuah kejuaraan. Saya hanya ingin melakukan back to back, menjadi juara dua kali dalam tiga musim. Ketika saya ternyata bisa mendapatkannya, itu adalah hasil yang

luar biasa,” terang LeBron seperti dilansir Associated Press. Selain itu, LeBron juga bersanding dengan Michael Jordan dan Bill Russel sebagai pemain yang bisa mengawinkan gelar MVP musim regular dan partai final. “Saya tidak takut dengan apapun yang dikatakan orang terhadap saya. Setiap kali masuk raung ganti, saya melihat sebuah jersey nomor enam dengan tulisan James di belakangnya. Saya benar-benar diberkati,” tegas LeBron. (jos/jpnn/jon)

LONDON- Selain Lewis Hamilton, Jenson Button menjadi pembalap yang diyakini bakal mendapatkan dukungan penuh dari publik tuan rumah ketika berlaga di balapan Formula 1 seri Silverstone. Wajar. Sebab, Button juga berasal dari Inggris. Bagi Button, berlaga di Silverstone juga bakal sangat menyenangkan. Dukungan fans akan membuat semangat bertandingnya meluap-luap. Hal itu dianggap menjadi stimulant untuk memperbaiki perfomanya yang masih angin-anginan musim ini. Nah, salah satu cara untuk mendapatkan dukungan fans Inggris adalah dengan pujian. Button melontarkan pujian setinggi langit pada penggemar Formula 1 Negeri Ratu Elizabeth, julukan Inggris. Pembalap berusia 33 tahun tersebut mengatakan bahwa fans Inggris adalah yang terbaik di dunia. “Terus terang, sebagai pembalap Inggris, saya sangat senang mendapat support dari fans. Saya berharap bisa membayar dukungan tersebut dengan penampilan yang memuaskan. Fans Inggris adalah yang terbaik di dunia,” terang Button seperti dilansir Planet F1, Jumat (21/6). Button memang membutuhkan dukungan penuh untuk bisa memperbaiki performanya musim ini. Saat ini, pembalap McLaren tersebut masih terjerembab di urutan kesepuluh dengan koleksi 25 poin. Posisi tersebut tentu tak bagus untuk pembalap dengan status juara dunia 2009. “Tingkat dukungan yang ada di Silverstone memang gila. Masyarakat di Inggris sangat antusias dengan setiap hal yang berbau Formula 1. Mereka terus bersorak pada semua pembalap yang melintas,” tegas Button. (dra/jpnn/jon)

Duo Ducati Masih Kecewa Performa Motor ARAGON - Ambisi Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso untuk menipiskan jarak dengan big three klasemen sementara MotoGP tak semudah membalik telapak tangan. Hingga kini, kedua pembalap Ducati tersebut belum juga mendapatkan motor yang hebat untuk memenuhi ambisi itu. Hayden, misalnya. Pembalap asal Amerika Serikat (AS) tersebut terus saja mengeluhkan performa motor yang dianggapnya stagnan. Pria 32 tahun itu menyatakan, tidak melihat ada perubahan positif yang ditunjukkan motor tunggangannya. “Saya tidak melihat adanya perubahan positif dengan motor. Itu adalah hal yang membuat frustasi karena kami ingin menipiskan jarak dengan para pembalap yang ada di atas kami. Sayangnya, saya tidak bisa mendapatkan motor untuk menunjang keinginan saya,” keluh Hayden seperti dilansir situs resmi MotoGP, Jumat (21/6). Satu-satunya yang membuat Hayden senang adalah penggunaan ban Bridge-

stone yang dianggap lebih baik. Menurut Hayden, ban yang digunakan dianggap memiliki performa bagus yang bisa membantunya merasa nyaman ketika berada di atas lintasan. “Kami mencoba ban keras jenis baru dari Bridgestone dan saya merasa bahwa ada hal yang sangat bagus,” tegas Hayden. Keluhan yang sama juga dilontarkan Dovizioso. Pembalap asal Italia tersebut juga mengaku belum mendapatkan motor yang hebat untuk mengejar Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez yang berurutan di tiga besar klasemen sementara. “Hal positif dan negative memang sangat tipis. Kami harus segera melakukan rapat untuk menentukan motor yang akan dipakai untuk seri Assen nanti,” ujar Dovizioso. (jos/jpnn/jon)

Marquez Lebih Suka Motor Musim Ini ARAGON - Uji coba terhadap motor baru yang dilakukan Honda memang berjalan mulus. Meski begitu, dua pembalap Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez mengaku tak memiliki keinginan kuat untuk menggunakan motor tersebut dalam sisa seri balapan MotoGP musim ini. Marquez, misalnya. Pembalap termuda sepanjang sejarah yang berhasil memenangi balapan MotoGP tersebut mengaku lebih suka dengan motor yang ditungganginya saat ini. Meski, ketika melakukan uji coba di Aragon, dia mengaku sangat terkesan dengan performa motor yang rencananya akan menjadi andalan Honda di musim 2014 mendatang. “Itu memang hal yang sangat bagus untuk tim ini. Namun, saya lebih memilih mesin yang dipakai musim ini. Meskipun saya mengakui bahwa kesan pertama saya terhadap mesin baru tersebut sangat bagus,” terang Marquez seperti dilansir Crash, Jumat (21/6). Marquez melakukan uji coba dengan motor RC213V tersebut dengan lancar. Pembalap asal Spanyol tersebut sukses melahap 13 lap dengan mesin motor yang disediakan pabrikan dari Jepang itu. Nah, kesan bagus langsung dirasakan Marquez terhadap prototype mesin yang bakal digunakan musim 2014 nanti. Marquez mengatakan bahwa sasis dan mesin di motor tersebut mengalami improve luar biasa. “Hal pertama yang saya rasakan adalah sangat senang. Mesin yang dipakai di motor ini juga menunjukkan improve bagus. Hanya saja memang masih perlu beberapa perubahan,” tambah Marquez. (jos/jpnn/jon)

Andrea Dovizioso

Jenson Button

Indonesia Gagal Tambah Medali

Dwane Casey Tetap Latih Raptors TORONTO - Dwane Casey bisa bernafas lega. Posisi pelatih kepala Toronto Raptors musim depan tetap berada dalam genggamannya. Kepastian itu diungkapkan langsung oleh general manager (GM) Raptors, Masai Ujiri Dwane Casey

dalam sebuah press conference di Toronto, Jumat (21/6). “Saya sangat senang dengan kesepakatan ini. Tim ini akan terus berkembang dan tumbuh bersama Casey,” terang Ujiri seperti dilansir Associated Press. Sebelumnya, posisi Casey memang berada di ujung tanduk. Setidaknya ada dua hal yang menyebabkan posisinya rawan depak. Salah satunya ialah rekor buruk Raptors musim ini yang hanya mencatatkan hasil 34-48. Selain itu, kedatangan Ujiri sebagai GM juga disebut-sebut membuat posisi Casey mulai goyah. Ujiri disbeut-sebut memiliki keinginan menggaet pelatih anyar untuk meningkatkan performa Raptors musim mendatang. Casey pun mengaku senang dengan perpanjangan kontrak tersebut. Bahkan, Casey menyatakan bahwa perpanjangan kontrak tersebut tak ubahnya seperti sebuah keberuntungan. Dia berjanji bakal meningkatkan performa Raptors musim mendatang. Hasil lebih baik musim baru nanti tentu akan menjadi jawaban tegas atas kepercayaan yang diberikan manajemen anyar Raptors di bawah kendali Ujiri. Apalagi, dia hanya diberi satu tahun perpanjangan kontrak. “Akan ada hubungan yang berlandaskan kepercayaan antara saya dan Ujiri. Kami sudah berbicara setiap hari. Saya pikir, itu adalah hal yang sangat penting,” tegas Casey. (jos/jpnn/jon)

JAKARTA-Penampilan taekwondoin Indonesia kurang apik di hari kedua 7th Asian Junior Taekwondo Championship. Setelah meraih empat medali perunggu dari kategori poomsae (jurus) Kamis (20/6) lalu, kemarin (21/6) di kelompok kyorugi (tarung) di Tennis Indoor Senayan wakil Indonesia gagal mengukir prestasi. Dalam nomor lomba kemarin, sebanyak lima taekwondoin Indonesia turun. Yakni Agniny Haque (putri -44 kilogram), Stanislaus Suar (putra -45 kilogram), Annisa Gradiny (putri 42 kilogram), Fisca Afe (putri -49 kilogram), dan Edo Septiawan(putra +78 kilogram). Kelimanya langsung tumbang di babak pertama. Mengomentari hasil pertandingan kemarin, pelatih pelatnas junior Fadly Putu mengungkapkan masalah mental menjadi kendala utama. Tanpa agenda try out menjelang turun di kejuaraan Asia ini, kesiapan Agniny Haque dkk njomplang dibanding Korsel, Iran, atau Thailand. “Sebagai catatan saja, kita baru menggelar pelatnas junior baru Oktober lalu. Ini patut dicatat dalam sejarah organisasi, baru dalam kepengurusan ini kita menggelar pelatnas. Jadi, hasilnya pun tak bisa langsung instan,” ujar Fadly. Fadly lalu mencontohkan pertarungan Agniny versus Panipak Wongphatt (Thailand) di babak pertama kemarin. Unggul 9-1 dari Panipak, Agniny tersalip dan kalah 9-10 dalam penilaian akhir pertandingan. “Mungkin akan lain ceritanya kalau Agniny punya jam terbang yang elbih bagus. Padahal dialah yang diharapkan berprestasi. Dan ini adalah kejuaraan junior Asia buat anakanak. Kekuatan junior dan senior kita memang berbeda,” ucap Fadly lagi. Manajer pelatnas junior taekwondo DasantyoPrihadi menuturkan cukup optimis anak asuhnya bisa mendulang medali hari ini (22/6). Target PB TI sendiri di kejuaraan Asia junior ini adalah dua perak dan tiga perunggu. Dari tujuh kelas yang dipertandingkan hari ini, Dasantyoberharap medali lahir dari sepakan Arman Robani (putra -68 kilogram) dan Dian Puspita Sari (putri -55 kilogram). Di sisi lain, perunggu yang didapat Indonesia lahir dari kategori poomsae beregu putra, beregu putri, free style tunggal putra, dan tim. (dra/jpnn/jon) REDAKTUR : JONS, LAYOUTER : RAHMA

SABTU, 22 JUNI 2013

10

Partai Nasdem Bekali Caleg

Melangkah Lebih Maju Pasca Pengumuman DCS MALANG-Partai Nasdem Kota Malang melangkah lebih maju pasca pengumuman daftar caleg sementara (DCS) oleh KPU. Kemarin, Partai Nasdem Kota Malang menggelar deklarasi dan pembekalan seluruh bakal caleg yang diusung dalam pemilu legislatif. Pembekalan yang digelar di Hotel Trio Indah itu diikuti seluruh bakal caleg, mulai dari DPRD Kota Malang, DPRD Jatim dan DPR RI. Diselasela pembekalan, para caleg itu menggelar deklarasi. Ketua DPD Partai Nasdem Kota Malang, Drs H Wahyoedhi HC mengatakan, jumlah caleg yang didaftarkan di KPU

sebanyak 45 orang, sesuai kuota caleg. Rinciannya, 10 orang di dapil Kedungkandang, 10 orang dari dapil Sukun, enam orang mewakili dapil Klojen, 10 orang dari dapil Blimbing dan sembilan orang dari dapil Lowokwaru. “Dari seluruh berkas bacaleg Partai Nasdem Kota Malang yang didaftarkan ke KPU dinyatakan memenuhi syarat 100 persen,” katanya. Wahyoedhi mengimbau kepada seluruh kader, simpatisan dan seluruh elemen yang dimiliki oleh Partai Nasdem bersama-sama untuk mendukung dan memenangkan Partai Nasdem di seluruh dap-

RIZAL/MALANG POST

PEMBEKALAN: Ketua DPD Partai Nasdem Kota Malang Wahyoedhi saat pembekalan bakal caleg kemarin.

il il. “Sudah saatnya partai ini menunjukan diri agar dapat

berkarya dan berkompetensi dengan seluruh partai politik

peserta pe pemilu 2014 nanti. Kemenangan adalah harga mati

yang harus dapat kita capai,” tandasnya. Dia mengajak untuk memenangkan Partai Nasdem karena gerakan perubahan dapat diwujudkan jika menguasai kursi legislatif. “Kita yang menjadi agen perubahan dapat mempengaruhi kebijakan atau pun pembuat kebijakan untuk tercapainya perubahan yang kita cita-citakan,” kata Wahyoedhi. Lebih lanjut dia mengatakan, tujuan pembekalan caleg agar seluruh kader, simpatisan, pengurus dan bakal caleg melakukan kegiatan terkonsep dan sistematis serta terukur. Hal itu untuk memenangkan

Kian Berprestasi, Nilai UN Tertinggi se-Jatim

ROBOH: Kondisi ruang kelas VII SMP Negeri Satu Atap di Merjosari kemarin.

Hari ini, MIN Malang 1 Gelar Wisuda MALANG – Hari Sabtu (22/6) ini, MIN Malang 1 menggelar wisuda. Torehan prestasi akademik yang telah menjadi tradisi bagi madrasah di jalan Bandung ini kembali mewarnai nilai-nilai ujian siswanya. Tahun ini, MIN Malang 1 kembali makin mengukir prestasi dengan nilai ujian nasional SD/MI tertinggi se Malang Raya. Dengan nilai UN tertinggi tahun ini 29,60 dan total rata-rata dari tiga mata pelajaran yang diujikan 26,92 juga menghantarkan MIN Malang 1 menjadi salah satu dari tiga sekolah dengan nilai terbaik UN MI se Jawa Timur. Sedangkan nilai tertinggi tiap mata pelajaran Ujian Nasional, diperoleh pelajaran matematika dengan nilai 10, nilai IPA 10 dan nilai Bahasa Indonesia 9,60. “Secara pribadi saya bahagia, saya bersyukur pada guru-guru orang tua dan anakanak khususnya, bahwa mereka berupaya mempersembahkan yang terbaik,”ujar Abdul Mughni,S.Ag M.Pd saat ditemui Malang Post. Ditambahkan, tingginya nilai UN siswa-siswi MIN Malang 1 tahun ini juga tergambar dari nilai rata-rata tiap pelajaran yakni matematika dengan rata-rata 9,27 IPA 9,30 dan Bahasa Indonesia 8,41. Untuk nilai sempurna 10 tiap mata

IST/MALANG POST

MINTA RESTU : Siswa-siswi MIN Malang 1 sungkem minta restu kepada guru dan orang tua menjelang UN beberapa waktu yang lalu. pelajaran UN terdapat 36 siswa Demikian juga spiritual dan dengan nilai 10 matematika intelektual mereka menjadi dan 33 siswa pada pelajaran objek pembinaan guru selama IPA. Deretan nilai istimewa ini persiapan menghadapi ujian. membuktikan akan kesiapan Upaya-upaya tersebut siswa dalam menghadapi ujian ternyata juga berimbas pada nasional. nilai-nilai ujian UAMBN dan Mengenai hal ini Mugh- US yang juga spektakuler. ni menjelaskan kesuksesan Nilai istimewa 10 juga hampir siswanya dalam ujian nasional mewarnai deretan nilai siswa kali ini merupakan buah dari tahun ini. Dalam UAMBN upaya bersama yang selama misalnya, puluhan siswa sukses ini telah dijalankan guru dan mendapat nilai 10 antara lain siswa dalam melakukan segala 15 siswa dalam pelajaran persiapan terutama pembinaan Quran Hadits dan 32 dalam dalam mental, intelektual dan Bahasa Arab. Demikian dalam spiritual siswa. Dari sisi men- Ujian Akhir Sekolah, 36 siswa tal, jiwa siswa dikuatkan den- berhasil mendapat nilai 10 dari gan Achevement Motivation mata pelajaran Matematika, Traning selama beberapa hari. 33 siswa pada pelajaran IPA,

3 siswa dalam pelajaran PKn, 2 siswa pada pelajaran Bahasa JJawa dan 10 siswa pada pelajjaran Bahasa Inggris. Menurut Mughni, persembbahan nilai cemerlang ini merupakan wujud dari syukur m anak-anak kepada orang tua, yyang diwujudkan denga nilai tterbaik. Oleh karenanya pihak madrasah juga akan memm bberikan apresisi khusus bagi siswa yang akan diberikan saat prosesi wisuda hari ini. “Bagi kami bukan masalah bbesar nominal, tapi sejauh mana kemauan kami untuk m memberikan penghargaan pada anak-anak,”tambahnya. Di sisi lain, Mughni menuturkan predikat nilai terbaik se Jawa Timur merupakan tantangan bagi MIN Malang 1 untuk tetap konsisten mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini pada masa yang akan datang. “Meskipun tujuan kami sebenarnya adalah bagaimana keberadaan MIN Malang 1 yang memiliki besic Islam memberikan imbas kepada masyarakat dalam memperkuat tali ukhuwah dan ajaran agama. Nilai terbaik, merupakan poin dari sekian aspek yang harus terus kami benahi dengan terus meningkatkan performa madrasah,”tuturnya. (imm/sir/nug)

Fadel: Bangga dan Bersyukur Kepada Para Guru TIGA BESAR JUMLAH NILAI UAMBN Maghastria Assiddiq Afif eka rahma setiyanto Ahmad rizal syarif amrullah Data syahru ramadhan Muhammad Rifqi Ardhian Ludzna Yus’ida Naafila

47,40 47,40 47,20 47,20 47,20 47,00

TIGA BESAR JUMLAH NILAI US Maghastria Assiddiq Ahmad Rizal Syarif Amrullah Fadel Nararia Rahman

67,95 67,70 67,50

LIMA BESAR JUMLAH NILAI UN Fadel Nararia Rahman Fitri Adisti Apta Waranggani Rafi naufal akbar Hudzaifah Afif Al Fatih Nasution Ahmad Satrio Raharjo Data Syahru Ramadhan Helmi Fachry Adamy Raisa Zahra Fadila

29,60 29,00 29,00 28,95 28,85 28,80 28,80 28,80

IST/MALANG POST

MEMBANGGAKAN : Fadel Nararia Rahman bersama kepala MIN Malang 1 H. Abdul Mughni,S.Ag M.Pd.

REEP/MP

ADALAH Fadel Nararia Rahman siswa MIN Malang 1 meraih prestasi membanggakan sebagai lulusan dengan nilai tertinggi UN SD/MI se Malang Raya dan tertinggi MI se Jawa Timur. Dengan total nilai UN 29,60 Fadel telah membuktikan dirinya sebagai

siswa dari madrasah yang handal dan bermutu. Kepada Malang Post, Fadel mengaku dirinya memang yakin akan mendapatkan nilai terbaik. Nilai yang diperolehnya merupakan anugrah yang luar biasa, meskipun pada awalnya ia berharap tertinggi nasional.

“Alhamdulillah, meskipun tidak menyangka ternyata anugerah itu berupa nilai terbaik di Jawa Timur,”ujarnya dengan bangga. Ia menjelaskan sebelum menjalanan ujian nasional dirinya telah memaksimalkan segala upaya untuk memberi-

kan nilai tebaik bagi orang tua dan madrasahnya. Selain belajar dengan giat, doa pun selalu dipanjatkan demi sebuah harapan yang ingin tercapai. Siswa yang bercita-cita ingin menjadi car disigner ini menjelaskan hasil gemilang yang baru dicapai itu merupakan berkah dari doa orang tua dan guru yang selama ini dengan tulus membimbing dan membinanya. Oleh karenanya nilai terbaik ini pun ia persembahkan pada kedua orang tua dan madrasahnya, MIN Malang 1. “Saya sangat bangga dan bersyukur karena memiliki guru-guru yang senantiasa membimbing murid-murudnya sampai berhasil seperti kami ini sekarang,”jelasnya. Sebagai lulusan di tahun 2012-2013 anak pasangan Arif Susena dan Kejora Handarini ini pun menyampaikan rasa syukurnya pada guru-guru MIN Malang 1 akan jasa yang mereka berikan hingga kini dan seterusnya. “Terimakasih bapak ibu guru, yang telah mengajarkan banyak ilmu, dengan pendidikan yang bagus, pembinaan yang baik dan nasehat-nasehat yang bermanfaat bagi kami semua,”tutup siswa yang memiliki hobi IT ini. (imm/sir/nug)

Partai Nasdem. Karena itulah, Wahyoedhi mengingatkan agar seluruh elemen Partai Nasdem saling sinergi dan memperkuat kebersamaan. Selain itu memiliki rencana strategis (renstra) untuk memenangkan pemilu. Pembekalan caleg yang digelar kemarin merupakan pembekalan kedua. Pembekalan serupa juga masih terus dilakukan. Sekretaris DPW Partai Nasdem Jatim, H Aminurrokhman dan Ketua Bapilu Partai Nasdem Jatim, DR Mufti Mubarok juga hadir dalam pembekalan tersebut. Mereka memberi pengarahan dan pembekalan. (van/nug)

DIGUYUR HUJAN, Ruangan Sekolah Ambruk SMPN Satu Atap di Merjosari MALANG-Bangunan ruang kelas VII SMP Negeri Satu Atap Merjosari roboh setelah diguyur hujan deras sejak tiga hari berturutturut. Beruntung peristiwa itu terjadi malam hari sehingga tidak sampai memakan korban. Kepala SMP Negeri Satu Atap Merjosari, Sri Nuryani mengatakan ruang kelas berukuran 12 x 8 meter itu roboh sekitar pukul 24.00 WIB. Pihaknya baru mengetahui kemarin pagi. “Saya mendapat laporan dari penjaga sekolah dan langsung datang ke lokasi. Sudah beri laporan kepada Dinas Pendidikan Kota Malang,” terangnya. Sri mengatakan, hujan deras memang terus mengguyur kawasan tersebut selama tiga hari berturut-turut. Terutama pada sore hingga malam hari. Saat kejadian, hujan deras terjadi sejak sore hingga malam hari disertai angin kencang.Diperkirakan hujan yang menggerus tanah membuat bangunan ru-

ang kelas amblas. Sehingga sebagian temboknya roboh, lalu diikuti dengan robohnya atap ruang kelas yang setiap harinya menampung 42 siswa itu. Menurut Sri, kontur tanah di bagian belakang ruang kelas memang miring. “Saat tergerus air hujan yang deras, tanahnya mengalami erosi. Selama ini pada bagian belakang bangunan sekolah ini memang belum dibangun plengsengan untuk mencegah erosi,” paparnya. Akibat kejadian ini, kegiatan penerimaan rapor dipindahkan ke ruang kelas lainnya. Sementara para siswanya memang sedang libur setelah mengikuti ujian akhir semester.Lebih lanjut dia berharap kerusakan ruang kelas segera dibenahi. Sehingga, saat memasuki tahun ajaran baru pada 15 Juli mendatang, ruang kelas sudah bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Total di SMP Negeri Satu Atap Merjosari ini terdapat sebanyak sembilan ruang kelas. Jumlah siswa keseluruhan sebanyak 334 orang. Bangunan sekolah ini baru dioperasional-

kan pada tahun 2009 lalu. Robohnya ruangan kelas tersebut mengundang perhatian DPRD Kota Malang. Kemarin, Komisi D langsung berkunjung ke sekolah tersebut. Para wakil rakyat itu melihat dari dekat kondisi ruangan sekolah. Seperti diberitakan sebelumnya, cuaca buruk akibat anomali cuaca masih menghantui wilayah Malang Raya. Seharusnya saat ini memasuki musim kemarau. Namun sekarang kemarau yang terjadi masih basah dengan curah hujan tinggi. Berdasarkan penjelasan BMKG, anomali cuaca disebabkan angin barat yang menghambat laju angin Munson Timur dari Australia di Samudera Indonesia, utamanya di selatan Jawa. Akibatnya suhu muka laut mengalami kenaikan antara 0,5-1,5 derajat celsius dari rata-rata normal. Saat ini suhu muka laut mencapai antara 28-29 derajat celsius. Kondisi hangat di wilayah laut selatan tersebut, memicu terbentuknya awan di wilayah Jawa. (van/nug)

DECOFRESH

Bantu Pengecatan Panti Asuhan di Janti STENLY REHARDSON/ MALANG POST

BERI BANTUAN: Vice President PT Indana Paints Malang, Steven A. Sugiharto menyerahkan cat Decofresh kepada perwakilan yayasan Al Ikhlas, kemarin.

MALANG – Selain promosi melalui produk, PT Indana Paints Malang juga aktif menggunakan program corporate social responsibility (CSR) sebagai salah satu upaya memperkenalkan diri kepada masyarakat. Jumat (21/6) kemarin, salah satu program CSR perusahaan cat penghasil merek Decofresh ini, bekerja sama dengan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Malang dan Kodim 0833 Malang mengadakan pengecatan bersama di Yayasan Al Ikhlas di Janti Selatan Kota Malang.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk CSR kami kepada masyarakat yang berada di Malang Raya. Untuk Kota Malang, di tahun ini, Al Ikhlas ini adalah tempat pertama,” ujar Steven A. Sugiharto, Vice President PT. Indana Paints Kota Malang,kepada Malang Post. Ditambahkan, PT Indana Paints bergerak di bidang industri cat dalam kegiatan ini sebagai penanggung cat yang dibutuhkan untuk memperbaharui warna cat yang mulai memudar, serta cat mulai mengelupas. Baca Bantu... Hal.8 REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: SLATEM

SAMBUNGAN

SABTU, 22 JUNI 2013

11

SPBU Wajib Buka 24 Jam Pembongkaran Lahan di Kotalama

Sambungan dari Hal 1 Salah satunya mengacu dengan perbandingan penikmat subsidi antara masyarakat yang mampu dan kurang mampu. Diketahui bahwa penikmat subsidi terbesar adalah masyarakat mampu dengan perbandingan 1 : 10. Sehingga langkah satu-satunya untuk mengurangi hal tersebut, adalah dengan menaikkan harga BBM. Tito Rivanto, Sales Eksekutif Retail Pertamina Malang, yang juga hadir dalam sosialisasi kemarin, menegaskan bahwa menjelang penetapan kenaikan harga BBM, seluruh SPBU di Malang Raya ini akan buka selama 24 jam. Tak ada SPBU yang tutup sebelum pukul 00.00. Itu dilakukan untuk menghindari kenakalan atau penimbunan. Kalaupun sampai ada SPBU yang tutup dengan alasan stok sudah habis, maka harus membuat

berita acara dengan disaksikan oleh Muspika. Polisi ataupun Muspika lainnya juga bisa mengecek ke tangki pendem yang ada. Dimana jika memang habis, akan terlihat dari stik ukur. ‘’Himbauan untuk buka 24 jam saat hari H ini, sudah saya sampaikan ke seluruh pemilik SPBU,’’ ujar Tito Rivanto. Dandim 0818 Letkol Inf Ahmad Solihin, yang juga hadir dalam sosialiasi itu mengingatkan secara tegas, supaya tidak ada anggotanya yang ikut aksi protes kenaikkan harga BBM. Jika nantinya ditemukan ada yang ikut, maka akan ada sanksi sendiri. Kapolres Malang, AKBP Adi Deriyan Jayamarta, juga menambahkan kalau pihaknya akan terus memantau perkembangan di lapangan terkait kenaikan harga BBM ini. Pihaknya juga akan melakukan be-

berapa langka untuk mengantisipasi terjadinya penimbunan BBM. Melalui Kapolsek, mantan penyidik KPK meminta supaya para Kapolsek di jajaran Polres Malang mengawasi benar kondisi di SPBU. Jangan sampai ada SPBU yang pura-pura tutup dengan alasan stok habis. Kapolsek dan Camat harus bener-bener mengecek. ‘Kalau perlu cek juga pada tangki pendem. Jika memang bener-bener habis, SPBU harus segera mengontak Pertamina untuk segera diisi sehingga bisa melayani masyarakat,’’ katanya. Soal pembelian lewat jeriken, berdasarkan pertemuan di Polda Jatim pada 15 Juni lalu, pembelian menggunakan jirigen diperbolehkan. Asalnya harus membawa surat rekomendasi dari Kepala Desa serta Muspika. Dan untuk pembeliannya pun harus dibatasi. (agp/avi)

Permintaan BBM Naik 25 Persen Sambungan dari Hal 1 Agar antrean tercukupi, Pertamina sudah instruksikan agar Terminal BBM dan SPBU beroperasi lebih lama, bahkan 24 jam. Selain itu, pihak Pertamina juga sudah berkoordinasi dengan Polisi untuk pengamanan TBBM dan SPBU. ‘’Serta memastikan kelancaran distribusi Pertamina koordinasi dengan Kepolisian untuk melakukan pengamanan SPBU dan memastikan kelancaran distribusi, termasuk antisipasi upaya penimbunan,’’ jelas dia. Pihaknya juga belum menemukan upaya penimbunan di SPBU Pertamina. Menjelang kenaikan,

Pertamina sudah instruksikan agar SPBU beroperasi lebih lama, bahkan 24 jam, sampai jam 00.00 berlakunya harga baru. ‘’Mari kita sama-sama menunggu pengumuman pemerintah, kebijakan BBM subsidi soal harga, kuota dan penerima, sepenuhnya kewenangan pemerintah,’’ jelasnya. Sementara itu, antrean BBM terlihat di sejumlah SPBU. Baik di Kota Malang, Kota Batu maupun Kabupaten Malang. Polisi bekerja ekstra keras untuk menertibkan antrean kendaraan. Di wilayah hukum Polres Batu, SPBU dijaga dua polisi. ‘’Telah diperintahkan untuk

berjaga sejak SPBU buka hingga SPBU tutup hingga ada kenaikan harga,’’ tegas Kasubag Humas Polres Batu AKP M. Yantofan kepada Malang Post, kemarin. Sedang di Kota Malang, beberapa SPBU mulai diserbu pembeli. Antrean mobil mendominasi. Meski sepeda motor, juga banyak yang mencari bensin. ‘’Katanya mau naik nanti malam (semalam, red.), jadi lebih baik diisi penuh dulu. Lumayan bisa ngirit. Meski antre sedikit, tidak apa-apa,’’ kata Abdurrahman, warga Sawojajar saat antre di SPBU di kawasan Rampal. (ary/avi)

Rumah Rekanan Mabes Polri Dimaling Sambungan dari Hal 1 Usai dilaporkan ke polisi, mantan Kapolres Trenggalek ini mendatangi TKP dan melakukan koordinasi dengan jajaran Satreskrim serta Polsekta Sukun untuk mengungkap pelakunya. Perwira yang pernah menjabat Waka Polres Malang Kota itu, cukup lama berkoordinasi dengan Kasatreskrim Polres Malang Kota, AKP Arief Kristanto SH, SIK dan unit identifikasi. Sementara, Informasi yang dihimpun Malang Post, pencuri diduga beraksi hanya sekitar 30 menit. Antara pukul 11.00 hingga 11.30. Waktu itu, rumah ditinggal kosong oleh Ima, istri Hengky ke pasar. Sementara, penghuni lainnya pergi bekerja. Kembali dari pasar itulah, Ima mengetahui rumah yang dihuninya dibobol pencuri. ‘’Begitu saya masuk halaman setelah membuka pagar, saya lihat pintu rumah sedikit terbuka. Ada bekas congkelan. Saya lihat ke

dalam, lemari di kamar sudah berantakan,’’ papar wanita ini Kepada anggota Satreskrim Polres Malang Kota dan Polsekta Sukun yang datang, Ima mengaku melihat perhiasan dan berlian yang disimpan di dalam lemari sudah lenyap. ‘’Pelakunya hanya mengambil perhiasan dan berlian saja. Sedangkan uang yang ada di lemari tidak diambil. Saya belum hitung berapa jumlah kerugian, namun sekitar ratusan juta,’’ ungkap istri pengusaha pemasok perlengkapan alat-alat Polri ini. Yang aneh, menurut beberapa tetangga korban, anjing Siberian Husky yang dirawat oleh Ima dan keluarganya, sama sekali tidak menggonggong ketika para pelaku masuk. ‘’Sama sekali tidak menggonggong. Kira-kira pelaku memakai ajian sirep agar anjing tidak meng-

gonggong,’’ ujar salah seorang tetangga yang menolak menyebutkan namanya. Dikonfirmasi pencurian itu, Arief Kristanto menjelaskan pihaknya masih melakukan penyelidikan dengan beberapa temuan di lokasi kejadian. ‘’Masih kami selidiki. Memang pelaku mencongkel pintu untuk masuk ke dalam rumah,’’ katanya ditemui di TKP. Untuk mengungkap pencurian itu, polisi juga mendatangkan anjing pelacak K-9. Setelah mendapat bau orang yang dicurigai, anjing tersebut berlari menuju Jalan Terusan Dieng Malang dan berhenti di jalan tersebut. ‘’Boleh jadi, pencuri masuk ke dalam kawasan jalan itu sambil jalan kaki. Setelah mendapat barang curian, dia kembali berjalan kaki dan naik kendaraan di Jalan Terusan Dieng,’’ ungkap seorang petugas menganalisa. (mar)

Agar Tak Bingung, Siapkan Simulasi PPDB Online Sambungan dari Hal 1 Isian lainnya adalan nilai UN siswa untuk mata pelajaran UN yang dijenjang SMP meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Isian selanjutnya adalah rayon yang dipilih. Misalnya jenjang SMA rayon 1 meliputi SMAN 1, SMAN 8, SMAN 9, dan SMA Widyagama. Pendaftar menuliskan urutan sekolah tersebut sesuai pilihannya. Misalkan bagi yang berminat ke SMAN 8 pada pilihan pertama maka mencantumkan kode 02 sesuai urutan sekolah di rayon 01. ’’Di lembar formulir sudah ada

petunjuk lengkap, jadi masyarakat tidak perlu khawatir salah mengisi,’’ kata dia. Hanya saja ia mengingatkan, kehati-hatian dalam memilih memang sangat diperlukan. Mengingat kesempatan untuk mendaftar online hanya satu kali. Jika salah memilih sekolah maka tidak ada kesempatan untuk kali kedua. Kecuali jika mau mendaftar ke SMK. Seperti diketahui, rayonisasi yang diberlakukan di Kota Malang untuk jenjang SMA adalah rayon 1 terdiri dari SMAN 1, 8 dan 9. Rayon 2 terdiri dari SMAN 2, 4, 5 dan

7. Serta rayon 3 terdiri dari SMAN 3, 6 dan 10. Pada jenjang SMP pendaftar harus memerhatikan pembagian rayon sesuai panduan PPDB 2013. Yaitu Rayon 1, terdiri dari SMPN 01,04,06,12,13,15,17,18 dan 25, Rayon 2, terdiri dari SMPN 02,03,07,08,09,10,23,19 dan Satap Lesanpuro, Rayon 3, terdiri dari SMPN 05,11,14,16,20,21,22,24 dan 26. ‘’Masyarakat silahkan bebas memilih rayon, dan mendaftar dimana pun terutama yang dekat dengan rumah dan tempat tinggalnya,’’ pesannya. (oci/avi)

basan bangunan disekitar Stasiun Kotalama murni untuk kepentingan PT KAI. Yakni memudahkan operasional kereta dan aktifitas penumpang. Berdasarkan catatan warga, saat ini terdapat sekitar 22 bangunan yang bakal jadi korban penertiban. 22 bangunan tersebut berada di sebelah timur Stasiun KA Kotalama atau di tepi Jalan Kol Sugiono. Bangunan-bangunan itu terdiri dari rumah dan tempat usaha. Disisi lain, warga masih mempertanyakan status tanah yang mereka tempati. Sebab sepengetahuan mereka, tidak semua lahan milik PT KAI lantaran terdapat lahan irigasi yang merupakan tanah negara. ‘’Kami butuh kepastian dan harus ada penjelasan tentang status tanah. Kami tidak mau penertiban ini untuk kepentingan lain,’’ kata dia. Bahkan sejumlah warga menduga, bangunan yang mereka tempati bakal digusur hanya untuk akses hotel yang akan dibangun di sekitar Stasiun KA Kotalama.

Sampai berita ini diturunkan, PT KAI belum memberi keterangan resmi. Humas Daop 8 PT KAI, Sumarsono belum berhasil dikonfirmasi. Sementara itu, Lurah Ciptomulyo, Ir Wahyudi Sudiono yang ditemui terpisah mengakui pernah memfasilitasi pertemuan warga. Lahan yang ditempati warga menurut dia merupakan lahan milik PT KAI. ‘’Lahan itu milik PT KAI. Dasarnya peta Belanda dan PT KAI memiliki bukti kepemilikan lahan,’’ kata Wahyudi. Dia juga mengakui rencana pembanguna hotel oleh seorang pengusaha. Pengusaha tersebut rencananya membangun saluran draianase untuk mengatasi banjir di sekitar Stasiun Kotalama dan Ciptomulyo. Pembangunan saluran drainase dan juga pelebaran jalan merupakan bentuk kompensasi pengusaha hotel. Upaya mengatasi banjir dengan membangun drainase sejalan dengan upaya menyelesaikan banjir oleh Pemkot Malang. (van/avi)

Sepasang Kekasih dan Paman, Tewas Tenggelam KALIPARE – Tiga orang tewas setelah tenggelam di bendungan Dusun Tawang, Desa Sukowilangun, Kecamatan Kalipare. Dua diantaranya adalah paman dan keponakannya, yakni Sunardi, 51 tahun dan Masda Adi Slamet, 23 tahun. Keduanya warga setempat. Sedangkan satu lagi adalah kekasih Masda, yaitu Umi Tohiroh, 21 tahun, warga Dusun Barisan, RT08 RW01, Desa Arjowilangun Kalipare. Mereka bertiga tewas tenggelam lantaran tidak bisa berenang, setelah perahu dayung yang dinaikinya terbalik. Setelah dievakuasi, jenazah ketiganya petang kemarin langsung dibawa pulang ke rumah duka masing-masing. Pihak keluarga menerima kematian dan menganggap kejadian itu sebagai musibah. ‘’Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), sama sekali tidak ditemukan bekas tanda kekerasan. Mereka meninggal dunia murni karena tenggelam. Dan keluarga sendiri su-

dah membuat surat pernyataan penolakan visum di rumah sakit,’’ ungkap Kapolsek Kalipare, AKP Agus Siswo Hariadi. Peristiwa yang sempat menggemparkan warga sekitar itu, terjadi sekitar pukul 14.30. Sebelum kejadian, Masda yang sehari sebelumnya baru pulang bekerja di penambangan batu bara di Borneo – Kalimantan ini, mengajak kekasihnya Umi Tohiroh jalan-jalan. Keduanya jalan-jalan melihat karamba ikan milik Masda, yang dikelolah Sunardi di bendungan. Setiba di tempat karamba ikan, Masda lalu mengajak kekasihnya naik perahu. Keduanya lantas meminta bantuan Sunardi, untuk mendayung perahu kecil yang panjangnya sekitar empat meter dan lebar sekitar 75 sentimeter. Awalnya, ketika perahu baru berjalan beberapa meter sama sekali tidak masalah. Namun begitu sudah berada di tengah-tengah, Umi Tohiroh yang

tidak biasa naik perahu ini terlihat ketakutan dan terus bergerak. Akibatnya perahu pun langsung oleng. Sunardi Sendiri, tidak bisa mengendalikannya hingga membuat perahu terbalik. Mereka bertiga pun langsung tenggelam. Saksi Gatot Suprianto, 27 tahun dan Sasmito, 48 tahun, warga Dusun Kopral, Desa Sukowilangun Kalipare, penjaring ikan yang melihat ketiganya tenggelam berusaha menolong. Namun sayang upaya keduanya tidak membuahkan hasil. Kedua saksi pun lalu memberitahukan kepada warga sekitar, termasuk melaporkan ke perangkat desa dan Polsek Kalipare. Sekitar dua jam lebih dilakukan pencarian, tubuh ketiganya akhirnya berhasil ditemukan sudah dalam kondisi tidak bernyawa. ‘’Dugaan sementara kami, ketiganya ini tenggelam karena perahu yang ditumpanginya oleng,’’ kata Kapolsek. (agp/avi)

Kalahkan Sriwijaya, Hadang Lini Tengah Sambungan dari Hal 1 RD menyebut, sosok Herman Dzumafo Epandi, mantan pemain Arema musim lalu, adalah jangkar lini depan yang tangguh. Kekuatannya menahan bola di lini depan, dekat pertahanan lawan, patut diwaspadai oleh Arema. Tiga gol sudah dicetak Dzumafo dari 7 penampilannya bersama tim yang bermarkas di Stadion Jakabaring. Apalagi, sosok Dzumafo sudah terbukti cukup efektif di Persib Bandung, meskipun akhirnya digeser dan dibuang. Pelatih berlisensi A AFC itu pun yakin, pemain asal Kamerun itu bakal memiliki semangat berlipat saat menghadapi Arema, yang notabene adalah mantan tim yang membesarkan nama Dzumafo. Selain Dzumafo, RD juga menilai, Tantan adalah ancaman terbesar bagi lini belakang Arema. ‘’Tantan adalah pemain yang juga kuat. Dia cepat dan efektif. Permainannya keras. Dia andalan utama Sriwijaya FC untuk melakukan penetrasi pertahanan lawan,’’ ungkap mantan pelatih Sriwijaya FC yang mempersembahkan dua

gelar juara liga itu. Tantan yang kini menjadi harapan utama Kas Hartadi untuk membongkar formasi defender Arema, telah mencetak 8 gol dari 21 penampilannya, bukti posisinya tak tergantikan dan sangat mungkin jadi starter. Namun, lini tengah Sriwijaya FC mungkin yang terbaik di ISL saat ini. Penghuni lini tengah tim pujaan Singamania itu sangat mentereng. ‘’Mereka punya Erick Weeks dan Boakay Eddy Foday, mereka gelandang yang kuat dan solid,’’ ungkap RD. Duet asing Erick Weeks dan Boakay Eddy Foday membuat lini tengah Sriwijaya FC tergolong yang paling ditakuti di ISL. Selain itu, RD juga mewaspadai sosok gelandang jangkar Ponaryo Astaman dan Ahmad Jufrianto yang tak tergantikan di lini tengah. Empat pemain ini membuat lini tengah Sriwijaya FC sangat produktif. Erick yang baru efektif main untuk Sriwijaya FC jelang putaran kedua, telah bermain 9 kali dengan empat gol.

Sementara, Foday yang sudah turun 17 kali, sanggup mencetak 8 gol. Total ada 20 gol yang tercipta dari lini tengah, mulai dari Foday (8 gol), Erick (4 gol), Ramdani Lestaluhu (5 gol), Jufrianto (2 gol) dan Ponaryo (1 gol). Karena itu, bagi RD, misi utama lawan Sriwijaya FC adalah mematikan dua lini tersebut. ‘’Yang paling penting bagi kita adalah bagaimana mematikan kekuatan lini depan dan tengah. Kita akan coba main sedikit ke dalam dan disiplin menjaga bola di lini tengah. Kita juga kurangi improviasi melebar di lini belakang,’’ terang mantan pelatih Persikota Tangerang itu. Sementara itu, terpisah, pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi memiliki misi meredam lini depan dan seken line Arema yang dihuni setidaknya tiga pemain berbahaya. ‘’Kita akan matikan Christian Gonzales, Alberto Goncalves dan Keith Kayamba, mereka pemain berbahaya,’’ tandas pria asal Solo tersebut. (fin/avi)

Sambungan dari Hal 1

Sambungan dari Hal 1 Boedoono karena memang masih menikmati enaknya berkuasa. ’’Mereka keluar koalisi tapi tidak mau menarik menterinya. Menikmati adanya tiga menteri, makanya mereka tidak mau menarik,’’ ujar Nurhayati. Menurut Wakil Ketua Umum Demokrat ini, banyak kepentingan politik PKS sehingga masih menolak untuk menarik tiga kadernya

dari kabinet meski banyak desakan kepada partai berlambang bulan sabit kembar itu. ’’Mereka punya kepentingan, itu yang saya bilang harus dipertanyakan. Kalau tidak begitu ya PKS lepas saja. Apa lagi yang harus ditunggu? Sikap seperti ini tidak mendidik masyarakat, tidak mendidik bangsa,’’ jelas Nurhayati. (Rakyat Merdeka)

Dikabarkan Nikah Siri Sambungan dari Hal 1 Lyra menambahkan, kedua anaknya pun sudah kenal dengan pria yang memiliki kembaran bernama Fadly itu. ’’Kalau aku punya teman, nggak cewek ataupun cowok, memang sering ketemu. Kalau ketemu aku bawa anak-anak. Jadi pasti kenal,’’ terang wanita kelahiran Palembang, 14 Maret 1981 ini. Namun, ia merasa tak punya kewajiban untuk mendekatkan anakanak dengan teman-temannya. Kalau memang ingin dekat, biarkan mereka mendekatkan diri sendiri. Tak jarang teman-temannya yang

MALANG - Motif dibalik penertiban bangunan yang menempati area Stasiun KA Kotalama terus dipertanyakan warga. Pasalnya, warga menduga penertiban bangunan tersebut terkait pembangunan sebuah hotel di sekitar Stasiun KA Kotalama. Kini warga cemas karena bakal jadi sasaran penggusuran. Kecemasan warga semakin mencuat setelah mereka mengaitkan terbitnya surat edaran penertiban bangunan oleh PT KAI dan dokumen amdal. Sumber resmi Malang Post menyebutkan, November 2012 lalu muncul dokumen amdal yang menyebutkan lahan PT KAI akan dijadikan area hotel. ‘’Dalam amdal menyebutkan bahwa akan dibangun sebuah hotel dilahan 5.000 meter persegi. Sekitar 1.400 meter dari lahan tersebut adalah milik PT KAI. Ini muncul sejak November lalu,’’ katanya. Namun disisi lain, lanjut dia, manajemen PT KAI selalu mengatakan kepada warga bahwa pembe-

Anti Tersesat, Berlangganan Jauh Lebih Murah

Demokrat : PKS Tunggu Apa Lagi! ’’Ini kan jubir yang bicara, apalagi yang ditunggu PKS. Sepertinya mereka sengaja bersikap seperti sekarang ini. Ini pengalihan isu. Tapi, saya tegaskan saya tidak pernah merasa berkoalisi dengan PKS,’’ jelas anggota Komisi I DPR itu. Karena itulah, Demokrat menduga sikap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tidak juga menarik tiga kader mereka dari kabinet SBY-

Permudah Akses Bangun Hotel

dekat dengan anak-anak. ‘’Ada yang bisa dekat, ada juga yang nggak bisa,’’ imbuhnya. Namun, Lyra sadar diri tak semua orang mau mendekati seorang janda berumur dan beranak dua seperti dirinya. Kalaupun ada yang tulus mau mendampinginya, sosok itu harus juga menyayangi kedua anaknya. ’’Harus serius. Karena latar belakang aku itu, nggak sembarang orang mau mendekati. Anak-anak nggak mungkin dibuat iseng,’’ ucapnya. Di balik banyaknya kabar tak sedap soal penyebab cerainya, ternyata

hubungan Lyra dan mantan suaminya, aktor panas era 90-an Eric Scada masih harmonis. Ia masih berupaya menjalin silaturahmi demi menghadirkan sosok ayah untuk kedua anaknya. Lyra menyatakan, tak pernah melarang kapanpun mantan suaminya ingin berkunjung ke apartemennya. Itu bisa terjadi, karena ia dan Eric menyadari, mereka masih punya dua anak yang perlu limpahan rasa kasih sayang. Ia pun tak pernah bosan mengabarkan perkembangan anak-anaknya pada sang mantan suami. (Rakyat Merdeka)

Yang jadi pembeda barangkali Trans Jogja tidak memiliki koridor khusus seperti Trans Jakarta, karena masih bercampur dengan kendaraan lainnya. Trans Jogja sanggup menampung 20 penumpang duduk dan 20 penumpang berdiri. ‘’Malang harus punya ini,’’ gumam saya lantang dalam hati. Cukup membeli tiket single trip seharga Rp 3.000, siapapun bisa naik Trans Jogja kemanapun dan selama apapun. Jika kita turun di satu halte kemudian transit ke armada lain, kita tidak perlu membayar lagi. Namun hal ini tidak berlaku jika kita bergati halte. ‘’Kalau mau lama-lama di Jogja, sebaiknya beli tiket berlangganan dengan sistem isi ulang,’’ tutur seorang petugas shelter Trans Jogja bernama Firdayanti. Harganya mulai dari Rp 15.000, Rp 25.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000. Keuntungan menggunakan tiket berlangganan ini adalah kita hanya akan dikenai biaya Rp 2.700 untuk sekali perjalanan. Selain itu, jika kita pindah halte dengan jarak waktu kurang dari 1 jam sejak pertama kali naik Trans Jogja maka tidak akan dikenai biaya. Untuk membeli tiket langga-

nan ini kita harus mengisi data diri terlebih dulu di halte-halte khusus yang bertanda POS (Point of Sales). Sebagai alternatif transportasi dalam kota, Trans Jogja menjadi angkutan umum yang nyaman, mudah, murah, dan aman. Jika bingung dengan lokasi yang hendak dituju, kita bisa bertanya pada petugas Trans Jogja di halte ataupun petugas yang ada di dalam bus. Iseng saya mencoba naik Trans Jogja dari halte Kepatihan (Kantor Gubernur) Jogja di Jalan Malioboro. Hanya berselang sekitar 10 menit dari armada yang lebih dulu melaju ketika saya sedang mengantre tiket, sudah ada satu armada Trans Jogja lainnya yang berhenti di halte dan siap mengantar saya ‘jalan-jalan’. Bebarengan ada sepasang turis Jerman paro baya yang juga ikut naik. ‘’Apa benar bus ini menuju ke Prambanan,’’ tanya sang turis wanita dengan Bahasa Inggris kepada petugas. Rupanya, ibu tiga bernama Mirriam Schrullhe ini baru kali pertama naik Trans Jogja. ‘’Kami percaya diri saja naik kendaraan ini. Orangorang bilang kami tidak akan tersesat. Sistemnya teratur sekali,’’ terangnya kepada Malang Post yang

kebetulan duduk bersebelahan. Benar saja, sekitar 60 menit perjalanan, kami tiba di halte Prambanan. Tepatnya di terminal bus yang jaraknya masih sekitar 2 kilometer dari komplek candi peninggalan Mataram Kuno tersebut. Perdebatan dalam logika saya tak henti bergejolak. Dengan sistematis yang baik, mulai dari ticketing, guidence, safety hingga operasional lainnya, Pemerintah DIY tak hanya menyuguhkan kemudahan moda transportasi darat bagi warganya, namun juga memberikan fasilitas terbaik untuk menyokong sektor pariwisata yang menjadi denyut kehidupan masyarakat. Dalam benak saya, entah tiga atau lima tahun lagi, mungkinkan saya sudah bisa menikmati Trans Malang? Tengok saja potensi yang bisa dikeruk menjadi sarana penunjang andai ada bus antar kota yang membuat kita bisa mencapai Coban Rondo di Pujon, turun ke Jatim Park dan Museum satwa di Batu lanjut ke Taman Wisata Sengkaling dan Museum Brawijaya di Kota Malang kemudian mengakhiri sore dengan indahnya panorama Pantai Balekambang dalam satu rute perjalanan. (tommy yuda pamungkas) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA

SABTU, 22 JUNI 2013

Kayamba Masih Idola

PALEMBANG – Sebelum berkostum Arema Indonesia, Keith Kayamba Gumbs adalah pahlawan dari publik sepakbola Palembang. Kiprahnya bersama Sriwijaya FC membuat sosok penggawa timnas St Kitts and Nevits, Karibia itu dihormati dan dikagumi di Bhumi Palembang. Bahkan, meski sekarang sudah membela Arema, dia terus mendapat pujaan dari para penggemarnya. Kayamba mengungkapkan, ketika dirinya berjalan-jalan di Palembang Indah Mall, pusat perbelanjaan dekat hotel Arema menginap, sapaan dan kerumunan fans masih dirasakannya. “Saya tadi jalan-jalan ke mall. Saya masih melihat ada fans yang mengeluelukan saya,” ungkap Kayamba kepada Malang Post. Kayamba mungkin cukup maklum dengan fanatisme suporter Palembang terhadap dirinya. Sebab, sosok pemain berusia 40 tahun tersebut baru saja memberikan prestasi yang tak bisa disamai pemain lain di tubuh tim Laskar Wong Kito, julukan Sriwijaya FC. Kayamba sukses memberikan gelar juara ISL tahun lalu, 2011-2012. Saat masih bernama Liga Indonesia, Kayamba juga bisa mempersembahkan gelar juara, Baca Kayamba... Hal.8

12

Aremania Ladub

KE PALEMBANG PALEMBANG–Suporter Arema Indonesia, Aremania sepertinya tidak mau tim pujaannya bermain di laga tandang tanpa dukungan. Kabarnya, sudah ada Aremania yang bakal ladub dari Malang menuju Palembang demi menyokong moral Singo Edan ketika menjamu Sriwijaya FC di Stadion Jakabaring Palembang, Minggu (23/6)

besok. Korwil Aremania Jalur Gazza, Amin menyebut, ada puluhan Aremania dari Malang yang berangkat ke Palembang. “Jumlah kita semakin banyak karena Aremania Malang nanti gabung dengan Aremania Banten dan Bekasi yang menanti di ujung barat pulau Jawa, nanti menyeberang samasama,” ungkap Amin kepada Malang Post.

Aremania berangkat menggunakan angkutan

darat. Menurut Amin, trek record hubungan dengan suporter Sriwijaya FC yang hampir tak pernah ada masalah. Karena itu, ia yakin Aremania akan disambut di Bhumi Palembang oleh para suporter tuan rumah. Apalagi, sejatinya Aremania juga tak pernah melarang Singamania untuk mendatangi Stadion Kanjuruhan ketika Sriwijaya FC main di Malang. “Kita yakin teman-teman

suporter Sriwijaya FC bisa menerima Aremania. Kita hampir tak pernah ada masalah dengan suporter Sriwijaya FC. Itu bisa membuat kami yakin Aremania tak akan kesulitan masuk stadion maupun stay di sana selama beberapa hari,” ujar suporter berusia 44 tahun tersebut. Menurut Amin, keberangkatan Aremania ke Palembang tidak lepas Baca Aremania... Hal.8

Thierry Janji Matikan Dzumafo

FINO YUDISTIRA/MALANG POST

JADI IDOLA: Keith Kayamba Gumbs masih tetap menjadi idola masyarakat Palembang karena pernah ikut membawa prestasi.

PALEMBANG–Arema Indonesia tak bisa dilepas dari kehadiran mantan pemain dan pelatih Sriwijaya FC. Rahmad Darmawan, Satia Bagdja Ijatna, Hendro Kartiko, Keith Kayamba Gumbs dan tentunya defender asing Thierry Gathuessi. Nama terakhir, memiliki pengalaman dua tahun membela Laskar Wong Kito, julukan Sriwijaya FC. Tak heran, Thierry paham soal gaya permainan dan strategi yang dilakukan oleh mantan pelatihnya, Kas Hartadi. “Sriwijaya FC adalah tim yang kuat. Mereka tim bagus. Main cepat dan keras. Mereka kuat menahan bola dan agresif,

itu gaya permainan sejak dulu,” ungkap Thierry kepada Malang Post. Sriwijaya FC memang memiliki gaya permainan dan pemain berkualitas yang mampu membuatnya tetap bertahan di papan atas ISL. Mereka juga memiliki pemain baru yang memiliki kualitas bagus seperti Boakay Eddy Foday, Erick Weeks, Diego Michels hingga Herman Dzumafo Epandi. Pemain yang disebut terakhir adalah pemain satu tanah kelahiran dengan Thierry. Pemain berusia 31 tahun itu memang lahir di Kamerun, sama seperti Dzumafo. Kedua pemain ini adalah sahabat Baca Thierry... Hal.8

FINO YUDISTIRA/MALANG POST

TAK KOMPROMI: Thierry Gathuessi memiliki misi menjaga pemain-pemain depan Sriwijaya FC besok malam.

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

SABTU, 22 JUNI 2013

13

Hotel Naik

Ataukah Bertahan BATU-Kendati harga BBM naik, namun tak mendorong Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu menaikan tarif kamar hotel sesegera mungkin. Sebaliknya, persoalan tersebut masih akan dibahas di internal anggota PHRI akhir bulan mendatang. Ketua PHRI Kota Batu, Uddy Syaifuddin menegaskan, pihaknya akan mencari solusi terbaik. Jika hotel tak bisa bertahan dengan tarif lama, tentu akan dilakukan penyesuaian. Sebab, kenaikan BBM pasti berdampak terhadap struktur operasional pada hotel di kota ini. “Kami akan bicarakan dengan teman-teman, sudah dijadwalkan pertemuan akhir bulan

ini,” tegas Uddy sapaan akrabnya. Lazimnya, kenaikan tarif hotel dilakukan ketika pergantian tahun. Seperti halnya pembahasan APBD yang dilakukan oleh pemerintah. Sehingga Uddy berharap, bahwa kenaikan BBM tidak berpengaruh signifikan terhadap tarif hotel.” Kamipun sudah diskusi dengan teman-teman, kalau tidak mungkin bertahan, bisa dilakukan kenaikan,” jelasnya. Pihak hotel di kota apel ini, akan berusaha menyiasati dampak kenaikan harga BBM. Jika bisa disiasati, kenaikan tarif juga dapat ditunda hingga pembahasan pada Desember mendatang. Namun, ada seju-

Uddy Syaifuddin

mlah elemen yang bisa membuat tarif disesuaikan dengan kenaikan harga BBM. “ Komponen yang terimbas langsung dengan hotel, tidak terlalu banyak namun cukup vital,” imbuhnya. Paling krusial adalah gaji para karyawan. Sebab patokan upah minimum kota (UMK), tidak memasukkan asumsi kenaikan harga BBM. Padahal jika harga BBM naik, tentu kebutuhan karyawan juga ikut naik.” Biasanya kenaikan harga BBM diikuti kenaikan harga bahan pokok lainnya, maka kebutuhan karyawan juga naik,” jelasnya. Jika nanti ada kenaikan tarif hotel, maka pertimbangan utama adalah karyawan. Sebab

mereka yang menjadi denyut nadi pada operasional hotel. “Bagaimanapun, sebenarnya yang terkena imbas langsung karyawan. Mereka gunakan BBM, untuk kebutuhan keluarga,” kata dia. Sedangkan operasional hotel lainnya, adalah genset yang tak selalu digunakan. Termasuk juga ketergantungan hotel pada suplier bahan makanan, pengirimannya memakai transportasi yang terdampak langsung kenaikan harga BBM.”Nanti kami lihat, tidak serta merta langsung menaikkan. Melainkan akan kami kaji betul, apa perlu penghematan, kami berharap para pemilik juga ikut berbicara,” tandasnya.(ary/lyo)

Sikat Kediri, Persikoba Pimpin Grup BATU - Persikoba Batu mengawali debut Divisi I Nasional, secara manis. Bertanding di Stadion Loka Jaya Tuban, tim berjuluk Elang Putih ini menang 3-1 (1-0) atas Persedikab Kediri. Dengan begitu untuk sementara tim kebanggaan Whong mBatu ini, menjadi pimpinan klasemen sementara Grup 9 (Tuban). Persikoba mengemas nilai 3, sama seperti Persatu Tuban yang mengalahkan Persenga Nganjuk 1-0 di pertandingan sehari sebelumnya. Namun Persikoba lebih produktif gol, sehingga menjadi pimpinan klasemen dan Persatu menduduki runner up. Tiga gol kemenangan Persikoba, dicetak Dimas menit ke- 34 dan 88. Sedang satu gol lainnya oleh Solikin menit ke 67. Satusatunya gol Persedikab Kediri, dilesakan Anjik W menit ke-50. Dalam pertandingan tersebut, Persedikab Kediri harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-67. Itu karena pemain nomor punggung 18, Imam Mahmudi mendapatkan kartu merah. Manajer Persikoba, Achmad Suparto menjelaskan, kemenangan tersebut berkat

DOK/MALANG POST

ANDALAN : Jeruk asli Kota Batu akan dikembangkan agar lebih berkualitas.

Australia Tertarik Jeruk Keprok 55

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

POSITIF : Pemainpemain Persikoba mendapatkan trend positif. Setelah menahan Persema ISL 2-2 dalam uji coba di Stadion Brantas, tim ini menang 3-1 atas Persedikab, kemarin.

BATU-Pengusaha Australia, tertarik melihat potensi buah jeruk asli Kota Batu. Kehadiran mereka kemarin, didampingi pihak Dinas Pertanian dan Kehutanan kota ini yang kemudian bakal dilanjutkan kerjasama lebih menguntungkan. Kota Batu sendiri, dipandang sangat potensial untuk tumbuh berkembangnya sektor pertanian. Kedatangan pengusaha Australia itu, didampingi biro Kerjasama Provinsi Jawa Timur. Mereka diantar keliling kebun jeruk milik warga, bahkan mampir ke Balitjestro di Desa Orooro Ombo.”Kunjungan ini masih dalam taraf penjajagan untuk kerjasama lebih lanjut,” tegas Sugeng Pramono Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Batu.

Baca Sikat.. Hal.14

Baca Australia.. Hal.14

Wisuda dan gelar prestasi Min Malang 1 penuh syukur dan apresiatif. Lulusan tahun ajaran 2012-2013 kali ini berhasil mempersembahkan nilai terbaik bagi orang tua dan madrasah mereka. Keberhasilan ini dinilai sebagai anugrah Allah SWT, yang didapat dengan upaya maksimal dalam bentuk pembinaan siswa dalam sisi spiritual, intelektual dan emosional mereka. FOTO-FOTO DAN TEKS : IMAM WAHYUDI/MALANG POST

MOTIVATOR: Kepala MIN Malang 1 Abdul Mughni, S.Ag M.Pd saat memberikan motivasi pada siswa-siswi kelas 6

LATIHAN: Siswa kelas 6 MIN Malang I berlatih ketekunan dan kesabaran dalam AMT

TRAINING: Siswa-siswi kelas 6 MIN Malang 1 saat mengikuti program Achievement Motivation Training (AMT)

NGAJI: Kegiatan AMT juga diwarnai dengan kegiatan ngaji bersama di sekolah

DOA RESTU: Siswa-siswi kelas 6 MIN Malang 1 mohon restu pada orang tua dan guru mereka menjelang ujian nasional

MUNAJAT: Siswa-siswi kelas 6 MIN Malang 1 doa bersama demi keberhasilan ujian nasional REDAKTUR : SAMSULIONO, LAYOUTER : ABDEE

SABTU, 22 JUNI 2013

14

PENGCAB PSSI KOTA BATU MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

PERSAINGAN: Lapangan Songgomaruto, Kelurahan Songgokerto, Kota Batu Dipenuhi para atlet paralayang.

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

SERU: Pertandingan antara vs Klub Bunga melawan SMUBA Jr di Lapangan Bumiaji, kemarin.

Klub Bunga Depak PS SMUBA

Diikuti Atlet Mancanegara Hujan Tak Surutkan Pembukaan Kejurnas Paralayang BATU – Kejurnas Paralayang Batu Open 2013, ikut digunakan Pemkot sebagai ajang promosi pariwisata. Apalagi event yang dibuka di Lapangan Songgomaruto, Kelurahan Songgokerto, Kota Batu, Jumat (21/6) tidak hanya diikuti atlet dalam negeri, melainkan juga atlet luar negeri. Kejurnas Paralayang itu sendiri, dibuka Walikota Batu, Eddy Rumpoko sekitar pukul 15.00. Pembukaan harus dilakukan sore, karena lokasi take off

di Gunung Banyak dan landing lapangan Songgomaruto, sedang diguyur hujan hingga sore kemarin. Ketika cuaca sedang hujan, pelaksanaan kejuaraan tidak bisa dilakukan. Itu karena atlet paralayang harus berada pada cuaca cerah untuk terbang hingga mendarat pada posisi yang tepat. ‘’Paralayang termasuk kegiatan wisata minat khusus. Dalam kegiatan ini, kami ingin memacu prestasi atlet paralayang asal Kota Batu dan atlet nasional.

Selain itu, kami juga ingin mengenalkan lokasi paralayang terbaik di Indonesia, serta lebih mengenalkan Batu sebagai kota wisata,’’ ungkap Mistin Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu. Penanggung jawab even Batu Open 2013 ini menambahkan, keberadaan atlet asal luar negeri seperti Malaysia, bisa menambah promosi. Hal itu sesuai visi dan misi Kota Batu, menjadikan daerah sebagai tempat pariwisata internasional. Ikon baru Shining Batu, juga ikut diperkenalkan. Dalam Kejurnas tersebut, kata dia juga menjadi pembuktian atlet-atlet tuan

rumah (Kota Batu) dalam mengukir prestasi. Mereka selama ini sudah malang melintang, dalam berbagai kejuaraan nasional maupun internasional. Johny Efendy, merupakan salah satunya yang baru menjuarai kejuaraan internasional di Thailand. Selain itu, ada juga atlet-atlet muda asal kota ini yang harus bersaing dengan sekitar 90 atlet dari seluruh Indonesia dan luar negeri. Atlet asal Indonesia, banyak berasal dari Jatim. Selain itu peserta dari Sulawesi Selatan, Kalimatan Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan Bali juga hadir. (feb/lyo)

Pengerjaan Block Office Dilelang BATU – Pembangunan block office, segera dilanjutkan demi memenuhi target–penggunaan dalam tahun ini. Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang pemkot Batu, juga sudah melakukan lelang konsultan dengan pemenang PT Pari Graha, Surabaya, yang diumumkan 14 Juni lalu. ‘’Proses pembangunan block office terus berlanjut, dan rekanan konsultan sudah ada karena pengumuman pemenang lelang sudah diumumkan

sejak 14 Juni lalu. Setelah lelang tersebut, kami pasti melakukan proses lanjutan,’’ ujar Bambang Kuncoro, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Pemkot Batu. Menurutnya, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang saat ini sedang menyiapkan lelang untuk pengerjaan fisik bangunan. Berkas-berkas administrasi sedang ditata, dan diharapkan awal Juli sudah dilakukan lelang pengerjaan fisik itu. Harapanya, kata dia pemenang lelang

sudah diumumkan pada pertengahan atau akhir Juli. Selanjutnya, rekanan segera mengerjakan proyek paling lambat pada Agustus mendatang. Kali ini nilai pagu proyek block office, sebesar Rp 31 M. Pihaknya tetap optimis, penyelesaian Gedung A akan selesai tahun ini sehingga segera digunakan. Kontrak kerja antara Pemkot dengan Rekanan, membutuhkan waktu 90 hari atau tiga bulan. Jika pengerjaan proyek dimulai

September, rekanan sudah harus menyelesaikan pekerjaan sesuai kontrak pada Desember. Gedung A block office tersebut, nantinya berisi Kantor Walikota, Wakil Walikota Batu, Sekretariat Daerah serta beberapa kantor SKPD. Gedung utama block office yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman itu, terdiri tiga lantai dilengkapi musala, areal parkir, sarana olahraga maupun kantin. (feb/lyo)

BATU - Sempat unggul 2-1 pada babak pertama, PS SMUBA Junior harus mengakui kunggulan Klub Bunga dalam pertandingan lanjutan Kompetisi Divisi I Pengcab PSSI Kota Batu. Imbas kekalahan di Lapangan Arjuno, Bumiaji (jumat (21/6) itu, posisi SMUBA sebagai lima besar klasemen sementara harus tergeser Klub Bunga. Di pertandingan yang dipimpin Wasit Andika ini, kedua tim sama-sama bermain terbuka demi mengejar kemenangan.– Melalui serangan rapi, Klub Bunga unggul–lebih dulu pada menit ke-14 Pengcab Kota Batu melalui Anggi W. SMUBA tidak mau kalah, dan hanya rentang dua menit setelah kebobolan, tim ini mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Fauzi Tri. Bahkan, SMUBA berbalik unggul menjadi 2-1 lewat gol Fauzi Tri menit ke-31. Kedudukan 2-1 bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Klub Bunga terus tampil menekan demi mengembalikan kedudukan imbang. Gol yang ditunggutunggu kesebelasan milik sebuah hotel di Batu ini, baru lahir pada menit ke-67 melalui kaki Wiwit sehingga kedudukan menjadi imbang 2-2. Mampu menciptakan gol, pemain-pemain Klub Bunga kian bersemangat untuk menyerang. Hasilnya, Anggi menciptakan gol menit ke-82 sekaligus menjadi penutup kemenangan di pertandingan tersebut. Saat ini Klub Bunga berada di posisi kelima klasemen sementara, dengan poin 15 hasil 10 kali pertandingan, lima kali menang. Sedangkan SMUBA Jr berada di bawahnya dengan poin 13 hasil sembilan kali bertanding, empat kali menang, satu kali seri dan empat kali kalah. Sementara dalam lanjutan Divisi Utama di Lapangan Lemjiantek Desa Pendem Kecamatan Junrejo, pertandingan mempertemukan Mitra ABC dan Kusuma FC. Pertandingan itu dimenangkan Mitra ABC dengan skor telak 3-1.(feb/lyo)

Pemenang Proyek Jalibar Diumumkan BATU- Salah satu proyek strategis Pemkot Batu, yakni jalan lintas barat (Jalibar) blok Desa Oro-oro Ombo – Panderman Hill,–kemarin telah mendapatkan pemenang proyek. Pemkot membagi jalan lingkar tersebut menjadi enam proyek, dengan nilai proyek sekitar Rp 7 miliar. LPSE sendiri mengumumkan pemenang lelang, yakni proyek untuk pengerjaan jalan Oro-oro OmboPanderman Hill, dimenangkan PT. Dhani Jaya. Penawaran dari rekanan tersebut, terkoreksi Rp. 4.143.800.000. Selain itu juga ada pemenang proyek lima buah jembatan di jalur tersebut. Untuk Jembatan STA 925, pemenangnya CV. Dewa Sejahtera dengan nilai penawaran Rp. 647.090.000. Jembatan STA 580, dimenangkan CV. Tegar Abadi senilai Rp. 308.895.000. Sementara Jembatan STA 1235, kembali dimenangkan CV. Tegar Abadi dengan nilai penawaran Rp. 1.020.002.000. Lantas Jembatan STA 1100, pemenangnya CV. Sari Bumi senilai Rp. 505.229.000. Dan terakhir jembatan STA 650 dengan pemenang CV. Parama Yasa penawaran Rp. 608.948.000. Para pemenang tersebut, diumumkan oleh Kelompok Kerja (Pokja) Konsultansi/Konstruksi (PKK-I), berdasarkan Keputusan Walikota Batu Nomor : 180/120/KEP/ 422.012/2013 tanggal 8 April 2013. Peserta lain diberikan masa sanggah hingga 26 Juni 2013, sesuai peraturan presiden.

BAGUS ARY WICAKSONO/ MALANG POST

DIBANGUN : Ruas jalan lintas barat (Jalibar) blok Oro-oro Ombo √ Panderman Hill sudah mendapatkan rekanan melalui pemilihan langsung.

Sanggahan itu diberikan kepada Kelompok Kerja (Pokja) Konsultansi/ Konstruksi (PKK-I) Unit Layanan Pengadaan (ULP), Pemkot Batu. Aturan

Sikat Kediri, Persikoba Pimpin Grup Sambungan dari Halaman 13

kerja keras serta ketanangan pemainya. Mereka tidak nervous dalam laga perdana, sehingga mereka bisa menerapkan strategi pelatih secara baik. “ Pemain bisa tampil tenang, menjalankan instruksi pelatih. Sepanjang pertandingan ball position ada di kita. Kemenangan sebagai modal semangat untuk melakoni pertandingan-pertandingan berikutnya,” ungkap Achmad Suparto melalui BBMnya. Setelah menaklukkan Persedikab, Solikin dan kawan-kawan

sanggah sesuai Peraturan Presiden No. 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden, Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan

Barang/Jasa Pemerintah. “Iya memang sudah diumumkan, sanggahan sendiri jika ada yang tidak puas, bisa dilayangkan langsung ke ULP,” Kepala Bagian Pembangunan Pemkot Batu, Eko Suhartono selaku Penanggung Jawab LPSE. Sesuai data yang didapatkan Malang Post, diketahui juga alamat pemenang proyek. PT. Dhani Jaya berada di Kedungsari Ds. Kedungpring Kec. Balongpanggang – Gresik. CV Dewa Sejahtera di Jl Raya Candi VI.A/187 Karangbesuki Kec. Sukun Kota Malang. Adapun CV. Tegar Abadi di Dusun Bulurejo RT.09/RW.05 Tumpakrejo Kec. Kalipare Kab. Malang. CV. Sari Bumi di Jl Karang Widoro No. 33 Dau. Terakhir CV. Parama Yasa memiliki alamat di Perum Sukun Pondok Indah E-15, Kota Malang.(ary/lyo)

Australia Tertarik Jeruk Keprok 55 Sambungan dari Halaman 13

bakal melakoni pertandingan kedua menghadapi PSID Jombang, Senin (24/6) lusa. Pertandingan kedua diprediksi lebih berat, karena kedua tim sama-sama tahu strategi permainan lawan. PSID baru melakoni pertadingan perdana, sore kemarin sekali8gus dikalahkan Persekapas Pasuruan dengan skor tipis 0-1. Dalam grup 9 di Tuban tersebut, Persikoba tergabung dengan lima tim asal Jatim. Yakni, ˝ Persatu Tuban, Persedikab Kabupaten Kediri, PSID Jombang, Persekapas Pasuruan dan Persenga Nganjuk. (feb/lyo)

Pengusaha dari negeri Kanguru itu, diajak ke kbun milik Nasir di Dusun Cangar Desa Bulukerto. Mereka menilai bahwa jeruk keprok 55 asli Kota Batu sangat potensial. Ke depan diharapkan akan dipacu, agar bisa bersaing dengan produk dari luar.”Hasil kunjungan, akan ditelaah kendala dan permasalahan pengembangan jeruk kita,” imbuhnya. Pihak Australia sendiri, dikatakan bersedia memberikan pelatihan penanganan jeruk lokal. Dengan pembinaan kepada petani, maka diharapkan kualitas jeruk kota sejuk ini bisa bersaing di pasaran eksport. Selama ini pasaran Indonesia sendiri memang dikuasai jeruk impor, padahal jeruk

lokal juga berkualitas. “Tadi tamu mengumpulkan informasi terkait jeruk kita, dan potensi serta permasalahannya,” ujar Sugeng. Sedangkan kunjungan ke Balitjestro, untuk melihat tehknologi pertanian sektor tersebut. Secara umum, para pengusaha itu menilai bahwa jeruk bisa berkembang pesat. Untuk bersaing dengan impor, memang dibutuhkan strategi tertentu.” Sekarang ini luasan lahan jeruk di Kota Batu, mencapai 150 hektare,”tambah Sugeng. Sementara Balitjestro, punya koleksi plasmanutfah jeruk. Jumlah plama nutfah sekitar 211 asesi, dan merupakan koleksi terlengkap di Indonesia.(ary/lyo) REDAKTUR : SAMSULIONO, LAYOUTER : ABDEE

SABTU, 22 JUNI 2013

MALANG MOBIL - MOTOR DIJUAL Volvo 960 th 95 warna hitam hub: 0818504563 BL-22/6 DIJUAL Kawasaki ninja ex 25jt. Th 2008 wrn hijau hub : (0341) 8148999 / 085755922108 BG-6/7 JUAL cpt Sedan MAZDA trendy’89 Kond Bgs Hrg 28Jt Nego. Hub: H.Suwandi 562235 / 085791916151 BG-4/7 DIJUAL FERIO thn’98 AT Hijau Metalic Istw.75jt Hub: 08563682060 BG-27/6 DIJUAL Volvo 960 th’95 warna hitam Hub: 0818504563 BL-30/6 AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 75571810811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/12 DAIHATSU EXTRA PROMO NEW XENIA DP 20jt Terios DP 20jt, Grand Max. DP 15jt, Pick up. DP 11jt Proses cpt. Cash Kredit Hub. 082131930990/ 9572750. Pin BB 21DDF347 BG-6/7 MITSUBISHI DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/6 DJL Mitsubishi Eterna, 1990, silver, mlg kota, velg rcing, plat no br, AC, ban br semua, siap pakai, hrg 38jt, hub 081334434509 BL-12/7 NISSAN MOBIL NISSAN ORDER BARU INDEN ALL New Grand Livina, Promo Lebaran. DP & Angs pling murah Ready Stock bisa TT Miky 081333319914 BG-30/6 TOYOTA DIJUAL terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013 BG-16/7 DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Santo BL-30/6 JUAL cpt AVANZA 1500cc tipe S th 2010 full asuransi 145 jt Hub: 081805044449 BG-31/6 AVANZA G 2009 HITAM N MLG Ko ta Perum Graha Kencana Seltan I/IIA Hub. 081333452767 BG-26/6 • SUZUKI • DIJUAL APV Arena GX’09 Biru Mtl All-Rish Tgn- 1 Ist 116jt Hub: 08125202345 BG-28/6 JUAL Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277 BL-30/5 “PROMO SUZUKI DISCON SU PER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-30/6 GEBYAR Discon bombastis SZK, PU, APV, SX4 open indent Ertiga double blower & new Swift 9568253/081141959999 BG-28/6 DIJUAL motor Suzuki Thunder warna Silver tahun 2007, kondisi baik harga Rp 7 juta. Minat hub 08125275331 BG-1/7 ISUZU DIJUAL mbl panther golden th 91 body mulus, hrg (nego) hub : 085646427599 BG-6/7 •HONDA• DIJUAL Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 081937986494. Jl.Panji Suroso no.8E. BG-30/6

•HONDA• VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/6 • YAMAHA • OBRAL YMH disc s/d 3jt stock trbtas. Sgra tlp 03417712177 BG-30/6 TANAH DJL rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081916492079/085755130040 BG-28/6 RUMAH JUAL cpt rmh+tnh lb:42,5m 2 lt:165m 2 Jl.Simpang Kepuh Hub:085791527206 BG-16/7 DJL Rmh Jl. Kpi. Matasta 17G/7 Sawojajar II Malang, Lt/Lb: 105/210, 2 Lt, 4 kmr tdr, 2km,Garsi & Jetpam, Hrg 600jt/ tkr mbl. Hub. Elita (0341) 8158058, 085236367985 BG-14/7 GADANG Rmh SHM siap huni 10m Jalan Raya Ls.66m2 Ada Garasi Hub : 0341-7737234 , 081945105782 BG-7/7 DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirtasani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/6 DIJUAL rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/6 RUMAH mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085746571600 BG-11/6 DIJUAL Rmh Alamat Perum Sulfat Ervina blok D20 Kel.Bunul Kec.Blimbing Malang 2346 Hub: 081348677888 BG-8/7 DJL RMH 6x15M2 Lnt2 KM3 KT5 SHM PLN PDAM Hrg 125jt Jl. Kebon Agung Gg IV Hub P Yusup Hp. 085259056313 BG-14/6 JUAL rmh Jl. D. Paniai H4B28 Lt.72 tkt,4 kmr tdr,2km Hub: 081230905590/7799810 BG-27/6 DJUAL Rmh huni 2 kmr L 48m shm. Jl. Tenis Meja Tasikmadu Kota Madya Malang hrg 68jt hub:0852593700030341 5450003. Full keramik BG-8/7 DIJUAL rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/7 KREDIT BUTUH dana cepat + Terima Gadai Titipkan Laptop / Hp / Kendaraan + BPKB Jl.Bendungan Sutami 33B Sumbersari Tlpn : 0341-7359448 BG-4/7 BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami solusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub.Amin 936.36.96 BG-16/7 BUTUH dana cepat plus terima gadai titipkan laptop/hp/kendaraan+BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Sumbersari Telp. 0341-7359448 BG-5/7 LOWONGAN DIBTHKN Krywn/i unt Divisi mrktg, spr. Sim A/B1 klektor utk wil Mlg Ry. Yg brmnt lmrn lgsg bw ke Jl. Kapi Sraba 7 No. 18 Hub: 081223740588 BL-21/6 DIKERJAKAN di rmh ngelembng teh 1 box 70rb HUB. 087849464901 (M.Hasan) BG-5/7 SALESMAN sma max: 30 thn Lmr Jl. S.Supriadi No.69 Kepuh Malang Telp: 0341-804696 BL-22/6 SURVYOR krdit bank,smu,gji ttp&kmisi. Mtor&hp.Cv:PT Wira, Plasa Pasifik A4/77 Jkt-14240/ E:hrd@wira.pt pnmptn Mlg BL-23/6

TENAGA PENGIRIMAN AIR GALON Syarat : - jujur, tanggungjawab, ulet dan ramah - lulusan SMP (minimal) - Usia maksimal 35 thn - Bisa atau mau belajar menggunakan motor roda tiga - Pengalaman tidak diutamakan - Siap langsung kerja Fasilitas : - Gaji - Tunjangan - Bonus pengiriman Kirimkan langsung lamaran Anda ke : CV MICRO 2000 Jl Taruna IX-A no 4 Wage, Taman - Sidoarjo Telp 031-8323 3355 Attn Bpk Tyo

LOWONGAN DBTHKN guru TK hub. Jl. Tepus kaki 15 mlg telp.0341-407475 BL-23/6 DIBTHKN krywn/I utk divisi MKTG,spr sim A/B1 klektor utk wil.Mlg Ry. Yg brmnt lmrn lgsg bw ke jl.kapi sraba 7 no.18 hub:081223740588 BL-22/6 DIBUT S1 arsitek/sipil krj di kupang NTT hub: 082146778111 email: p_i_ang@yahoo.co.id BL-22/6 DICR bnyk lk2/pr min 17thn,min SMA/k pens.interv lngs kerja adm.trainer,spv,hrd,keu,akunt,gudang gaji 2-5jt1/bln hub.081233160691 BL-22/6 DCARI guru & tng administrasi G.cetak offset min D3.G.Fotorepro min D3.G.Animasi min. S1.G.Multimedia min S1.G.TKJ min S1.G.Tng administrasi min D1 K SMKN4 Mlg 0341353798/7085684 plg lmbt 29 juni 2013 BL-22/6 KEHILANGAN STNK STNK SPD MTR HONDA NC11B1C A/T ’09 N-5189-BW NOKA:MH1JF22189K030198 NOSIN:JF22E1032021 a/n SOFANITA SARI DEWI d/a jl.teluk cendrawasih XII/1 MLG BL-23/6 STNK SPD MTR HONDA ’08 N4550-J NOKA:MHIJB8119K142023 NOSIN:JB81E-1140019 a/ n NUNUK HARIYATI TOEKAN d/a JL. JEMBAWAN RT03/19 DESA MANGLIAWAN KEC.PAKIS KAB.MALANG BL-23/6 STNK SPD MTR YAMAHA MIO ’10 N2152JT NOKA:MH328D20BAJ734114 NOSIN:28D1734393 a/n KUSWANTO d/a TUNJUNG TIRTO SEMARAK RT.O1 RW.04 DS. TUNJUNG TIRTO KEC. SINGOSARI BL-23/6 STNK SPD MTR SUZUKI TITAN ’10 N-6016-JS NOKA:MH8BE4DUAAJ101729 NOSIN:E470ID101650 a/n M ROWI d/a KRAJAN RT.02 RW.04 DS. SUMBER NGEPOH KEC. LAWANG BL-23/6 STNK SPD MTR YAMAHA ’12 N5250-CX NOKA:MH354P00BCJ169449 NOSIN:54P269813 a/n VONNY ASMANING INDRIASARI d/a SIMPANG SULFAT SELATAN 9 RT.04 RW.06 KEL PANDANWANGI MLG BL-23/6 STNK SPD MTR YAMAHA ’13 N4458-GQ NOKA:MH35LM0023K156 NOSIN:GLM-156954 a/n ANWAR d/a POHKECIK SUKOLILO WAJAK MLG BL-23/6 STNK SPD MTR HONDA ’04 N5955AC NOKA:MH1KEVA134K989933 NOSIN:KEVAE-1988936 a/ n RATNANINGSIH d/a JL.S.TEL GRAJAKAN NO.20 MLG BL-23/6 STNK SPD MTR YAMAHA VEGA’’10 N-6397-JT NOKA:MH35D9002AJ739072 a/n KHOIRUL MUSTOFA d/a BORO BUGIS RT.01 RW.01 SAPTORENGGO KEC. PAKIS MLG BL-23/6 PRIVAT RENANG MENERIMA les berenang untuk anak2 dan dewasa, ( professional ) Jl. Kecapi no. 3 Tlp. 0341569301,083848373411 BG-15/7 FINANCE PT.BFI FINANCE (0341475400) penawaran atas unit:xenia 2005, espass 2005, Honda karismax 2005, Honda beat 2010, kia 2002, Yamaha mio 2009, Suzuki carry 2006, Suzuki carry 2009, Toyota rush 2007 BL-17/6 RUPA-RUPA PT BFI FINANCE (0341475400)Penawaran ats unit Xenia,2005. Espada,2005. Honda Karisma X,2005. Honda Beat,2010. KIA,2002. Yamaha Moi,2009. Suzuki Carry,2006. Suzuki Carry, 2009. Toyota Rush,2007 BL-18/6

dan Java Script/jQuery 3. Bonus point: Menguasai salah satu distro Linux (Ubuntu, RedHat, Centos, etc) 4. Menguasai integrasi third party authentication (Facebook connect, Twitter, OpenID, etc) 5. Menguasai minimal bahasa Inggris pasif 6. Bertanggung jawab dan pekerja keras 7. Bersedia berdomisili di Malang 8. Usia maksimal 30 tahun 9. Terbuka untuk Fresh Graduate Kirim surat lamaran, resume/CV ke: lowongan@indo-soft.com

JASA PROGRAMMER Indosoft, perusahaan web di Malang, mencari PHP web developers dengan persyaratan sebagai berikut: 1. Lulusan S1 Teknik Informatika/Sistem Informasi 2. Menguasai PHP, MySQL, HTML, AJAX, JSON, XML

PT.Alumada Artha Prima, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa keamanan, membuka lowongan terbaru untuk area Jawa Timur sebagai : SECURITY OFFICER KETENTUAN YANG BERLAKU : 1. Pengalaman kerja Satpam / Security tidak dutamakan

RUPA-RUPA TERAPI autism, lambat bicara, down syndrome, hiperaktif, gangguan konsentrasi. Hub.0341-477599 BG-16/7 “HAMNA FACIAL” menggabungkan bahan2 alami&pijat ±30menit. Wajah cerah alami, peredaran darah lancar & bebas kerutan. Hanya 50rb. Terapist datang ke rumah. Hub:085755211006 BG-28/6 CV ABADI mlyni kuras WC & salrn buntu. tangki plng bsr 5000 Ltr buka 24 jam Hub. Jl. lombok/yulius usman Gg 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BG-30/6 ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7 BG-30/6 JUAL-BELI+TUKAR TAMBAH barang elektronik TV, LCD, DVD, kulkas dll Jl. S. Supriadi gang 6 No. 32 tlp: 7021089/085649861563 BG-29/6 BUTUH Ayam Ketawa, Pelung, Philipin. Telp.0341 9325632 Hub. Pak Sugeng 08179661385 di Tumpang BG-28/6 AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 0341-7077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I BG-26/6 DICARI alat second. Perkantoran & mixer, Video, Peralatan Shooting Video. hub: 081803830045 BG-27/6 PASANG parabola gratis indovision/topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341456222/456333 BG-26/6 (PRATAMA AHLI SEDOT WC) melayani sedot wc got buntu dll jl. Dirgantara VI B II no. 23 sawojajar mlng telp. 03417647878/ 7630312 hr libur tetap buka BG-26/6 ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spending, wall paper, vertikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak meja, canopi tnpa di las (New Produk)Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960 BG-26/6 SERVIS BERKAH JAYA AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A BG-26/6 TOUR & TRAVEL SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JURUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341-354117. Website: www. surya travel. com. BG-29/6 ME TRANS Tour Travel & Rent Car. Armada : New Avanza, New Xenia, Innova, Swift, Splash, Siroin dll. Wedding Car: Alphard, Mercy. Melayani: Bandara shuttle ( Malang - Juanda PP) , Tour Wisata, Study Tour, Paket Wisuda, Tiket online, Dll. Jl. Veteran No.2 Malang Tlp. 0341 – 583958 / 081233666664 BG-12/6 DYNASTY Noer Tour And Travel. Paket wisata Jawa-Bali-Jakarta, carter-drop segala tujuan. MalangJuanda PP. penjualan tiket Pesawat dan KL. Jl. Raya Sengkaling Jetis 82. Telp. 0821328 58466/0341468471 BG-28/6 STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga termurah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. website: www. stasiun tiket .com BG-29/5

Setelah dinyatakan lulus seleksi oleh Kami, maka calon anggota Satpam / Security langsung mengikuti pelatihan selama 1(satu) minggu dan langsung penempatan kerja. 2. Selama pelatihan di sediakan (tempat tinggal). 3. Gaji yang akan diperoleh per bulan setelah bekerja adalah Gaji Pokok + Lemburan. 4. Biaya baju seragam, atribut Satpam / Security, pelatihan dan piagam sebesar Rp.800.000(dibayarkan di muka pada saat seleksi dengan mendapatkan tanda terima penerimaan kerja, uang akan di kembalikan saat itu juga apabila dalam ujian dinyatakan tidak lulus seleksi penerimaan anggota Satpam Security). PERSYARATAN YANG HARUS DIPENUHI : 01. Jenis kelamin Pria , Pendidikan min SMA/Sederajat. 02. Membuat surat lamaran kerja beserta daftar riwayat hidup. 03. Melampirkan foto Copy Ijasah (setelah bekerja yang asli di lampirkan). 04. Pas Foto berwarna 4 X 6 sebanyak 4 lembar. 05. Foto Copy KTP sebanyak 4 lembar,Kartu keluarga,akta kelahiran. 06. Foto Copy Surat Keterangan Kelakuan Baik dari kantor Polisi. 07. Surat Keterangan Sehat dari Dokter / Puskesmas yang asli. 08. Tinggi badan Pria 168 Cm. 09. Umur Min . 18 thn dan Maks . Pria 30 thn. 10. Meterai sebanyak 3 Buah. 11. Medical check up & tes bebas narkoba.

TOUR & TRAVEL PUSAT penjualan tiket Chandra transport Jl. Ade irma Suryani (tongan) No 19 telp.0341 322580366863 malang BG-28/6 “BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlg-jember PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/7 “YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 Tiket Pesawat/Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-30/5 HARLIN Travel antar jemput Malang-Denpasar,carter,paket Telp 08579353 2977-(0341) 8441677 BG-30/6 WWW.AIRLANGGARENTCAR.COM (0341-716458/7056458-081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/ juanda(PP), dgn driver pengalaman, sabar, tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/6 ANGKASA RENT CAR melayani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avanza, Kijang LGX, Mercy pengantin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 03417324064/ 081 55373516/ 0819318 71298 BG-31/6 IBD TRANS TRAVEL MalangLumajang PP, Malang-Jember PP, Lumajang-Surabaya PP, tiap hari berangkat. Perum Istana Dewandaru 18 Telp. 03417716975, 403585, 081333371036, 0334-7751212 BG-31/6 KULINER DEPOT MANINJAU sedia masakan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bungkus, rantang, kotak, kuning, tumpeng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Maninjau No. 91/ 711842 BG-31/12 PIJAT MBK EVI mnerima khusus panggilan pijat capek”body spa, traphy vitalitas...s4 tunggu call anda: 081252749612 BG-4/7 PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 03414333882 BG-24/6 “MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda profesional khusus panggilan ke hotel Hub: 085774410568 No SMS BG-4/7 KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOSHIBALENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TONER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/5 KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRINTER Printer : IP2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 558440-9634440 Hp. 085735 6071110821 31475761 BG-23/6 O&J’S COMPUTER,rumah multimedia, melayani segala merk laptop,PC,CCTV,streaming,presentasi .melayani service laptop,computer&assesoris cepat,memuaskan & murah Hub. 0341558615 www.Odanje.com Jl. Galunggung 50 F BG-23/6

Segera Bawa lamaran anda ke : PT. ALUMADA ARTHA PRIMA Ruko Plasa Segi 8 C-812 Jl.Darmo Permai Baru (Depan SCTV) Surabaya - Jawa Timur Telp. 031 732 8987 aap_guard@yahoo.com

GURU LOWONGAN ASISTEN GURU “LBB MEI LIE COURSE” MAFIA (Matematika, Fisika, Kimia) SD-SMP-SMA Syarat : 1. Wanita 2. Usia Max 40 tahun 3. Pendidikan min SMA (Sederajat) 4. Memiliki jiwa mengajar 5. Jujur dan Rajin lamaran di tujukan langsung ke : LBB MEI LIE COURSE Jl. Darmo Permai Selatan XII/6 Surabaya atau Email : meilie.course@yahoo.com

15

16

SABTU, 22 JUNI 2013

SABTU, 22 JUNI 2013

Pelepasan Siswa Kelas XII MAN 3 Malang

Lembaga Pendidikan Islam Sabilillah

Lahirkan Lulusan yang Berkualitas

Raih NUN Tertinggi Se Kota Malang

MALANG - MAN 3 Malang terus menunjukkan kualitasnya sebagai madrasah unggul dan berkualitas di segala bidang. Madrasah yang hingga saat ini melahirkan ribuan siswa yang berpotensi unggul ini menjadi panutan bagi lembaga pendidikan lain khusus-

nya di Malang Raya dan Jawa Timur. Tak heran jika madrasah di Jalan Bandung ini menjadi madrasah model dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Oleh karena itu MAN 3 Malang terus berupaya menjadikan pendidikan berkualitas untuk

Siswa MAN 3 Malang yang diterima di SNMPTN Undangan No

Nama Siswa

PTN

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9.

Ahmad Izzuddin Alhaitsam Aji Fajar Ramadhani Amalia Mardhatillah Arief Asma’ Athifah Didier Prasetya Dini Isnanda Kusuma Dewi Faza Nazzala Luqman Bassam Ramadhani Moh Tholhah Hasani

10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18.

Muhammad Anas Ziauddin Muhammad Hamasah Elkhoiri Muhammad Ikrima Basyari Muhammad Luthfil Huda Primacita Nahlia Rahmi Rosiana Kholifah Ruli Rohmatul Hidayah Shofia Megawati Zhilalul Islam

UB-Peternakan UB- TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN UB- Teknik Pengairan UNAIR-Pendidikan Dokter UM-Pendidikan Luar Sekolah UB-Ilmu Pemerintahan Ub-sastra Inggris UB-Agribisnis UIN SUNAN KALIJAGA - Perbandingan Mazhab & Hukum UB-Sistem Informasi UB-ilmu Administrasi Publik UB-Agrobisnis Perikanan UB-Peternakan UB-Teknik Bioproses UIN Maliki Malang - Hukum Perdata Islam UB-Agroekoteknologi UB-Akuntansi UIN MALIKI MALANG - Hukum Perdata Islam

melahirkan lulusan yang juga berkualitas dalam bidang akademik, non akademik dan berakhlakul karimah. Hari ini MAN 3 Malang kembali menggelar wisuda kelas XII sebagai lulusan tahun ajaran 2012-2013. Para lulusan yang sebagian telah diterima di berbagai perguruan tinggi negeri ini telah dibekali dengan wawasan keilmuan yang berpotensi di bidang akademik maupun non akademik. Visi MAN Malang 3, sebagai madrasah model telah diwujudkan dengan kualitas para lulusan yang unggul tidak hanya di bidang akademik maupun non akdemik, namun juga unggul dalam attitude sebagai simbol lulusan dari sekolah yang berasaskan keislaman. Waka Humas MAN 3 Malang Drs Sukri, M.Pd mewak-

Siswa MAN 3 yang diterima di Perguruan Tinggi Luar Negeri NO

NAMA

PERGURUAN TINGGI

1 2

Cendikia Abdi-XII Aksl Esti Bhakti Warapsari-XII IPS 1

3 4 5

Yusisca Yofa Yulianda-XII IPS 1 Irtaqu Rizqu Ulinnuha Muhammad-XII IPA 5 Alief Aulia Rahman-XII IPA 5

Nagoya University Japan-Fisika Asia Pasific University Malaysia & Staffordshire University England-International Bussiness Management AIWA Japan-Bussiness Manajemen dan Bahasa Jepang Universitas Jerman-Kedokteran Universitas Jerman-Teknik

PELEPASAN DAN PENTAS SENI KB √ TK DHARMA WANITA 3 KARANG BESUKI

Tampilkan Hasil Kegiatan Ekskul Siswa MALANG - Puncak dari kegiatan belajar dua tahun yang digelar dalam pelepasan siswa dan pentas seni KB – TK Dharma Wanita 3 Karang Besuki berlangsung penuh kemeriahan, Rabu (19/6) lalu. Kepala Sekolah KB – TK Dharma Wanita 3 Lilis Wati, S.Pd mengatakan bahwa pelepasan kali ini mengangkat tema menjadi tunas muda yang kreatif dan mandiri. “Ya kami berharap lulusan siswa kami kreatif dan mandiri,” tuturnya. Kreatif menjawab permasalahan yang dihadapi siswa agar bisa survive. Disertai dengan kemandirian yakni suatu sikap yang harus dimiliki agar bisa melakukan apapun atas usaha sendiri. Kegiatan yang meriah tersebut diisi dengan beragam penampilan hasil dari pembinaan ektrakurikuler di sekolah. Semua anak tampil di panggung kegiatan. Anak-anak menampilkan tari seperti Tari Kodok, Tari Islami, Tari Jaranan dan Tari Lir-Ilir, pidato dengan tiga bahasa, bersyair, serta bermusik perkusi. Mereka tampil dengan percaya diri dan terlihat fasih. Yang menarik lagi ada juga salah satu siswa yang melantunkan tembang malangan. “Kami bangga mereka fasih bisa pidato,” kata Lilis Wati kepada Malang Post. Dia berharap dengan adanya kegiatan pelepasan ini komite sekolah semakin solid, kerjasama orang tua dan pihak sekolah semakin kuat. Pesan yang ingin disampaikan kepada anak didik yang sudah lulus adalah agar anak-anak selalu memegang janji dharma wanita 3 yakni taat ke pada Allah, hormat kepada guru, patuh terhadap orang tua, sayang sesama teman “Janji itu harus di bawa hingga ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,”katanya. Sedangkan untuk program ke depan sekolah akan melaksanakan program Trias UKS. (ham/sir/nda)

AMIR HAMZAH/MALANG POST

PRESTASI: Beberapa siswa berprestasi bersama ibu lurah Karang Besuki, kepala sekolah dan orang tua siswa.

ili kepala madrasah, menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi MAN 3 yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan signifikan dan menggembirakan. Hal ini juga menunjukkan prestasi madrasah secara umum juga mengalami peningkatan yang membanggakan. Dimana tahun ini MIN, MTsN dan MAN, berprestasi sebagai madrasah dengan nilai terbaik tingkat kota dan provinsi. “Alhamdulillah, MAN 3 bisa menjadi terbaik ke dua tingkat jatim dalam bidang agama. Demikian juga MTs dan MIN dapat menjadi yang terbaik tingkat Jatim, bahkan 5 besar nasional tahun ini. Ini membuktikan bahwa madrasah sejajar dengan SMA bahkan lebih,” jelasnya. Sebagai madrasah model, MAN 3 Malang mendukung integritas yang tinggi. Nilai ujian luar biasa menjadi bukti MAN 3 Malang dalam menjunjung nilai integritas tersebut. Sukri menuturkan integritas ini diimplementasikan dalam proses pencapaian

MALANG - LPI Sabilillah Malang hari ini melepas lulusan terpadu TK, SD, SMP Islam Sabilillah Malang tahun pelajaran 2012/2013. Acara pelepasan yang bertabur prestasi ditandai kesuksesan SD Islam Sabilillah MalangΩ lulus 100 persen. Prestasi gemilang diraih siswanya, Hamidah Alifah Salsabila sebagai pemilik NUN tertinggi se Kota Malang NUN 29,60.

FOTO : IMAM WAHYUDI/MALANG POST

JELANG KELULUSAN: Siswa-siswi kelas XII MAN 3 Malang saat acara gladi bersih, Jumat (21/6). yang baik. Tidak hanya menargetkan nilai ujian tertinggi, namun proses yang jujur dan bersih menurutnya akan lebih dihargai oleh masyarakat. “Oleh karenanya MAN 3 Malang berkomitmen menjadi madrasah yang berprestasi, jujur dan sederhana,” tuturnya. Lulusan yang produktif dalam prestasi dengan menjunjung nilai kejujuran menjadi harapan madrasah terhadap

peserta didiknya untuk menjadi generasi yang dibanggakan oleh bangsa. “Akan tetapi keberhasilan dalam menempuh cita-cita, harus tetap diwarnai dengan kesederhanaan, agar tetap menjadi manusia yang rendah hati,” tambahnya. Keberhasilan konsep MAN 3 Malang sebagai madrasah yang berprestasi juga tergambar dari suksesnya beberapa siswa yang diterima di beberapa PTN jalur

undangan. Dengan nilai yang objektif hasil kerja keras para siswa, mereka patut diberi apresiasi. “Kami berharap para siswa dapat menyadari bahwa kehidupan manusia semuanya direncanakan oleh Allah. Oleh sebab itu mereka harus waspada untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan karakter keislaman yang telah didapat di madrasah ini,” pungkasnya. (imm/sir/nda)

Pelepasan Siswa Kelas 6 SD Insan Amanah

Mutu Pendidikan Meningkat, Nilai Ujian Melesat MALANG - Sebagai sekolah dasar swasta dengan kualitas bermutu dalam mencapai kompetensi pendidikan, tahun ini SD Insan Amanah sukses mengantarkan siswa kelas 6 sebagai lulusan tahun ajaran 2012-2013 dengan predikat nilai yang membanggakan. Sebanyak 94 siswa kelas 6 diwisuda di Hotel Savanna, hari ini. Kepala SD Insan Amanah Suhardini Nurhati, M.Pd mengatakan pihaknya siap untuk menyerahkan kembali 94 lulusan kepada wali masing-masing. Sekolah telah membekali lulusan dengan pokok pengetahuan yang mendasari seluruh sisi kehidupan mereka. Baik secara intelektual, emosional, serta jiwa spiritual anak yang menjadi harapan utama sekolah untuk menjadi insan dengan akidah yang kuat dan akhlak yang mulia. “Bagi kami attitude merupakan poin utama dalam membentuk sosok manusia yang seutuhnya yang harus selalu dibenahi setiap saat agar cita-cita pendidikan itu sendiri tercapai sesuai yang diharapkan,” ujarnya. Bagi SD Insan Amanah, nilai bagus merupakan sebuah anugerah dari Allah, yang patut diraih dengan upaya maksimal dalam proses belajar mengajar. Menurutnya, hal itu akan tercapai jika terjadi sebuah kerjasama antara guru, siswa dan orang tua untuk selalu memberikan dukungan pada program sekolah. Dini menjalaskan lulusan tahun ini dinilainya sebagai lulusan yang produktif dalam berprestasi dari sektor akademik maupun nilai kreatifitas. Diantara mereka ada yang berprestasi pada tingkat kota, provinsi bahkan ke kancah nasional dalam sebuah olimpiade. Tak

IMAM WAHYUDI/MALANG POST

GLADI: Siswa-siswi kelas 6 SD Insan Amanah saat latihan menari di acara gladi bersih, Jumat (21/6) kemarin heran jika nilai ujian sekolah dan ujian nasional tahun ini mengalami peningkatan yang bagus dari tahun kemarin. Nilai rata-rata ujian nasional mereka 26,35 dengan total nilai tertinggi 29,10 yang diraih oleh Ainiyyah Ramadlany. Sedangkan total nilai tertinggi ujian sekolah diraih oleh Aqilla Suci Fattimatuz Haya dengan nilai 77,00 dari 8 bidang studi yang diujikan. Peningkatan nilai ujian siswa dari tahun sebelumnya diyakini Dini merupakan keberhasilan dari Proses pendid-

ikan yang kualitasnya semakin ditingkatkan. Kemampuan siswa yang baik dalam memahami pelajaran menjadikan akselerasi pembinaan yang dilakukan menjadi meningkat sehingga mampu mencapai target yang diinginkan. Hal ini juga terlihat dari 14 siswa dengan perolehan nilai 10 Ujian Nasional di bidang matematika dan 3 siswa di bidang IPA. “Saya senang dengan seluruh nilai yang diperoleh anak-anak tahun ini, untuk itu ada apresiasi bagi mereka yang berprestasi,” tambahnya.

Dini berharap para lulusan nantinya mendapatkan sekolah yang diimpikan, untuk lebih meningkatkan potensi mereka di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu nilai-nilai agama dan akhlak yang menjadi harapan utama sekolah diharapkan mampu untuk dipertahankan. “Tentunya ini menjadi harapan kita semua, kepada orang tua kami juga berharap untuk bisa selalu mengarahkan putra-putrinya agar selalu melangkah kepada kebaikan,” pungkasnya. (imm/sir/nda)

Prosesi Kelulusan Siswa Kelas 6 MIN Malang 2

Wisuda Pelopor SD Plus Qurrota A’yun

Bersyukur Miliki Murid Produktif dan Berprestasi

Setiap Anak adalah Penyejuk Mata

MALANG - Sebanyak 69 siswa MIN Malang 2 diwisuda hari ini. Pelaksanaan prosesi wisuda dilaksanakan di halaman madrasah dengan dihadiri seluruh wali siswa kelas 6. Tahun ini, MIN Malang 2 memiliki lulusan yang digelontor banyak prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik baik di tingkat gugus, kota bahkan provensi. Tak heran jika para lulusan kali ini juga memiliki nilai-nilai ujian yang bagus, baik ujian akhir madrasah bertaraf nasional (UAMBN), ujian akhir sekolah maupun ujian nasional. Kepala MIN Malang 2, Drs. Achmad Barik Marzuq AA,M.Pd mengatakan pihaknya bersyukur memilki siswa yang produktif dalam berprestasi. Hal ini membuktikan akan kesungguhan siswanya dalam belajar hingga mencapai kompetensi yang diinginkan oleh madrasah. Dalam kelulusan ini siswanya sudah cukup memberikan apresiasi kepada madrasah yang tak lama lagi akan mereka tinggalkan. “Alhamdulillah, kerjasama yang baik membuahkan hasil yang memuaskan,” ujarnya. Tahun ini terdapat beberapa siswa kelas 6 yang sukses mendapatkan nilai sempurna di beberapa ujian. Antara lain nilai 10 pada pelajaran matematika sebanyak 10 siswa dan pelajaran IPA sebanyak 6 siswa.

MIN MALANG 2 FOR MALANG POST

PELATIHAN: Siswa-siswi kelas 6 MIN Malang 2 saat mengikuti pelatihan menjelang tes masuk SMP/MTs. demikian juga nilai 10 diperoleh siswa pada UAMBN yakni pelajaran Quran Hadits 4 siswa dan Bahasa Arab 1 siswa. Sedangkan dalam UASDA, 5 siswa dengan nilai 10 pada pelajaran matematika dan 1 siswa pada IPA. Adapun nilai ratarata tiap materi ujian nasional 8,71 dengan klasifikasi nilai rata-rata Bahasa Indonesia 8,18, IPA 9,04 dan matematika 8,90. Nilai sempurna 10 mewarnai dua materi pelajaran Matematika dan IPA pada Ujian Nasional serta nilai 9,20 untuk materi Bahasa Indonesia dengan rata-rata seluruhnya 9,73. Menurut Barik, hasil ujian ini merupakan hasil maksimal dari sebuah upaya maksimal yang dilaku-

kan selama ini terutama saat menjelang ujian nasional. Beberapa langkah strategis coba dilakukan MIN Malang 2 saat itu, diantaranya dengan memberikan latihan intensif pada siswa melalui penyelasaian soal-soal US dan UN. Tak hanya itu, pembinaan dari sisi mental dan spiritual siswa menjadi bagian penting saat para siswanya akan menghadapi ujian akhir. Di kesempatan penuh hikmat hari ini, Barik berharap setelah lulus para siswa dapat menerapkan pengatahuan mereka dengan sebaik-baiknya. “Tak lupa kami juga menyampaika terimakasih pada wali murid, atas kerjasamanya dalam mendukung seluruh program madrasah,” pungkasnya. (imm/sir/nda)

Tidak hanya NUN tertinggi, rerata NUN sekolah pun menduduki peringkat ke2 se-Kota Malang yaitu 27,85 dengan jumlah siswa sebanyak 126. Selain itu sebanyak 64 siswa SD Islam Sabilillah Malang meraih nilai sempurna (10) untuk mata pelajaran matematika dan 32 siswa meraih nilai sempurna untuk mata pelajaran IPA. Ada juga siswa yang meraih nilai sempurna 2 mata pelajaran IPA dan matematika seban-

yak 23 siswa. “Prestasi-prestasi tersebut tidak luput dari usaha keras tim sukses dan seluruh guru serta sentuhan halus tim manajemen sekolah dan LPI Sabilillah Malang,” ungkap Asisten Direktur I LPI Sabilillah Malang, Dr. H. Abdur Rahman As’ari, M.Pd, MA. Prestasi lainnya dicatatkan SMP Islam Sabilillah Malang yang meluluskan 100 persen siswa dengan nilai yang memuaskan yaitu rata-rata NUN sekolah 31,90 dan menduduki peringkat ke-6 untuk sekolah negeri se Kota Malang. Tidak hanya itu, nilai sempurna pun diraih oleh siswa-siswi SMP Islam Sabilillah Malang. Nilai sempurna diraih oleh 12 untuk mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Tak mau kalah, TK Islam Sabilillah Malang juga mengukir prestasi bidang non akademik yaitu meraih kejuaraan

Siap Terapkan Kurikulum 2013 LPI Sabilillah Malang siap menerapkan kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2013/2014 mendatang. Selama ini SD dan SMP Islam Sabilillah Malang telah membiasakan para siswa untuk melakukan observasi. Membiasakan kegiatan mempertanyakan atau questioning, dan melakukan kegiatan “showing and telling” yang dikemas dalam kegiatan “Assembly”. Meskipun baru sekitar setengah jam dalam seharinya, kegiatan tersebut hampir sama persis dengan apa yang dikehendaki dalam penerapan Kurikulum 2013. “Jadi, secara tidak langsung, kami telah mempersiapkan diri untuk mengikuti Kurikulum 2013,” ungkap As’ari. Para pimpinan dan guru di LPI Sabilillah Malang sudah disiapkan menyambut kurikulum baru ini. LPI Sabilillah Malang telah melakukan workshop, dan saat ini guru-guru kelas II, III, V, dan VI, mulai menyiapkan kerangka besar

buku yang sesuai dengan nuansa Kurikulum 2013 seperti yang ada pada buku kelas I dan IV, demikian pula dengan guru-guru di SMP. “Sekolah-sekolah di lingkungan LPI Sabilillah Malang Insya Allah terpilih sebagai sekolah untuk penerapan Kurikulum 2013. Ini berarti, guru-guru kelas I, IV, dan VII dari SDIS dan SMPIS akan dilatih oleh Kemendikbud bagaimana menerapkan Kurikulum 2013,” bebernya. Ditambahkannya kurikulum 2013 yang dalam rencananya akan diterapkan secara terbatas tahun pelajaran 2013/2014 menyimpan potensi yang besar, khususnya dalam pembelajarannya. Kurikulum ini setidak-tidaknya menekankan kepada penerapan kegiatan mengamati, memikirkan, dan menggunakan akal untuk berkreasi. “Kalau kita cermati ayat-ayat Al Qur’anul Karim, maka Allah pun men-

dorong kita mengamati, memikirkan, dan menggunakan akal itu dalam bentuk tantangan-tantangan: Afalaa Tubshiruun, Afalaa Tatafakkaruun, dan Afalaa Ta’qiluun. Jadi, kurikulum ini boleh dibilang sejalan dengan pola pembinaan di dalam Al Quran,” urainya. Kurikulum 2013 ini mendorong pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Praktik mengamati sebenarnya menuntut anak untuk melihat segala sesuatu secara jeli. Ini akan menjadikan bangsa ini lebih cermat dan lebih mendalam ketika melihat fenomena tertentu. Tuntutan bahwa hasil pengamatannya harus berupa fakta dan bukan opini. Juga mendorong siswa untuk pandai dan cermat melakukan pengukuran, penghitungan, dan klasifikasi. Praktik memertanyakan menuntut anak untuk berpikir alternatif. Praktik mengaitkan (menalar) mendorong anak untuk membanding-bandingkan (com-

oleh sekitar 50 persen siswa. Tak hanya itu, dalam hal non akademik, SD yang berada di JL.Kol. Sugiono tersebut juga banyak memborong prestasi. Tak ingin berpuas diri, demi menjaga kepercayaan masyarakat, SD tersebut mulai mempersiapkan beberapa program baru untuk menyambut siswa baru. Salah satunya adalah penambahan ekstra kurikuler (ekskul) karate dan hadrah albanjari serta kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) sebelum pembagian raport besok (22/6). Berkaitan dengan siswa baru tersebut, meski berharap mendapat input dari yayasan yang sama, Suryadi mengaku tetap selektif dalam prosedur penerimaan siswa baru. (mg5/sir/nda)

C. SMP Islam Sabilillah Malang menduduki peringkat ke-6 rerata NUN sekolah se Kota Malang

PRESTASI SD ISLAM SABILILLAH MALANG Peringkat 10 Besar Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013 Peringkat 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Nama Jumlah Nilai Hamidah Alifah Salsabila 29,60 Amila Fadhila Rahmaniati 29,40 Shafira Nabila Iftinan 29,40 Fadhila Permata Safitri 29,15 Dianda Fakhira 29,15 Rizal Rahagi Adhiatma 29,00 Syahira Adristi Nabiha 29,00 Karima Tamara 29,00 Putri Realvani Sandra Yuniar 29,00 Kamiliya Qatrunnada Nugraha 28,95

Jumlah Peraih Nilai Sempurna Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013 No 1 2

Mata Pelajaran Matematika IPA

Jumlah Siswa *) 64 32

*) Siswa meraih nilai sempurna matematika dan IPA sebanyak 23 siswa SMP ISLAM SABILILLAH MALANG

Peringkat 10 Besar Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013 Peringkat 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Nama Jumlah Nilai Puspa Hikmanty Ramadhani 38,05 Satria Akbar Gumelar 37,60 Sageta May Ardinata 37,50 Nurus Sakinah 37,30 Fidya Syam 37,20 Alifia Khayatunnufus 37,20 Lailatul Zakiyah Gifanda 37,15 Panji Perwira Nismara 37,00 Fairus Fildzah Adani Meilyandari 36,95 Riana Siti Khoirunnisa» 36,90

Bekali Mahasiswa agar Tembus Seleksi Perusahaan

MALANG - Siswa kelas VI SDN Bareng 4 yang telah tuntas menyelesaikan pembelajarannya, akan diserahkan kembali kepada orang tua, Sabtu (22/6) hari ini. Kegiatan penyerahan kali ini juga dibarengi dengan pembagian rapor dan gebyar seni yang akan menampilkan kreativitas para siswa sebagai apresiasi dari pembinaan kegiatan ekstrakurikuler. Kepala Sekolah SDN Bareng 4 Isnaeni, M.Pd mengatakan dalam kegiatan ini akan ditampilkan paduan suara, tari-tarian, siswa berprestasi, qosidah dan lain sebagainya. “Siswa akan tampil dengan penampilan yang terbaik sehingga akan membuat bangga orang tua mereka,” tuturnya. Dia mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang mendukung berjalannya proses belajar mengajar di lembaga ini, Dinas Pendidikan, orang tua dan pihak-pihak lainnya. Dalam proses pembelajarannya dia selalu melak-

sanakan visi dan misinya yakni mencetak siswa menjadi insan “GEULIS”. Insan GEULIS merupakan singkatan dari gembira, elok, unggul, lincah, imtaq dan santun. Gembira maksudnya pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan harus selalu menggembirakan atau menyenangkan. Elok berarti warga sekolah selalu berusaha elok dalam bertutur kata maupun dalam menjaga keindahan lingkungan. Unggul yakni lembaga akan selalu menyelenggarakan pendidikan yang unggul dalam bidang akademik maupun non akademik. Lincah maksudnya sekolah akan selalu menumbuhkan iklim yang lincah atau energik, selalu semangat sehingga akan menjadikan sekolah kondusif, memiliki patriotisme, disiplin, kritis dan menanamkan sikap sportivitas “Kami harus belajar jujur, hidup sehat dan menjalin kerjasama atau kekeluargaan pada seluruh warga sekolah,”ungkapnya. Imtaq maksudnya menumbuhkan semangat religious. Sedangkan Santun adalah lembaga akan menumbuhkan budaya saling menghargai, menghormati dan menolong sesama. “Kami juga membudayakan lima S,” ujarnya. Yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun. Dan sesuatu yang membanggakan dari proses penyerahan siswa kelas VI saat ini adalah salah satu siswa berhasil mendapatkan nilai 10 atau nilai sempurna dalam nilai UAN untuk mata pelajaran Matematika atas nama Aditya Firman Roziansyah.(ham/sir/nda)

Lakukan Perubahan Perilaku Melalui Budaya Daerah

yayasan, perwakilan Dinas Pendidikan dan sejumlah tokoh masyarakat tersebut, yayasan dan sekolah memberikan apresiasi kepada tiga siswa peraih Nilai Ujian Nasional (NUN) tertinggi. “Peraih NUN tertinggi, Vindy Mardatillah Maulida dengan nilai 28 mendapat hadiah tabungan dan piala dari yayasan dan sekolah yang diserahkan oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kota Malang,” tuturnya. Pada pelaksanaan UN tahun pertama ini, SD bilingual tersebut berhasil meluluskan 100 persen siswanya dengan perolehan nilai rata-rata 7.5 dengan persentase 30 persen siswa memperoleh nilai di atas sembilan. Dua mata pelajaran yang awalnya dikhawatirkan, yaitu IPA dan matematika, nyatanya diperoleh dengan nilai di atas sembilan

B. SD Islam Sabilillah Malang menduduki peringkat ke-2 rerata NUN sekolah se Kota Malang

Cetak Siswa Menjadi Insan GEULIS

Penyerahan Siswa SDN Karang Besuki 2 Karang Besuki

FOTO: SD PLUS QURROTA A»YUN FOR MALANG POST

A. SD Islam Sabilillah Malang meraih NUN tertinggi Kota Malang (HAMIDAH ALIFAH SALSABILA)

AKFAR & AKAFARMA Putra Indonesia Malang

KEMBALI: Sejumlah siswa kelas VI SDN Bareng 4 yang akan diserahkan kembali kepada orang tua hari ini.

PELOPOR: Siswa angkatan pertama SD Plus Qurrota A»yun bersama dengan 174 siswa TK dan KB yang berada di bawah naungan Yayasan Qurrota A»yun dilepas oleh ketua yayasan, kepala sekolah serta staf pengajar.

paring and contrasting) dan menemukan pola. Ini akan sangat berharga dalam merumuskan masalah, dan mengidentifikasi sumber daya yang mungkin membantu penyelesaiannya. Demikian pula dengan praktik-praktik mencobakan, menemukan, dan mengkomunikasikan.Banyak hal positif yang bisa ditumbuhkembangkan dari praktik-praktik ini. “Kalau para siswa kita sudah terbiasa dengan melakukan hal-hal di atas, Insya Allah mereka akan memiliki kemampuan Enterpreneurship yang tinggi, yang pada saatnya akan mampu membantu mereka menjadi orang yang bukan hanya mampu bertahan hidup, tetapi juga mewarnai kehidupan. Mereka akan mandiri dan bermanfaat bagi sesama manusia. Mereka akan menjadi Khoirunnaas, yaitu orang-orang yang bermanfaat bagi sesama manusia,” pungkasnya. (oci/sir/nda)

PRESTASI KOTA MALANG

Penyerahan Siswa SDN Bareng 4 Malang

SDN BARENG 4 FOR MALANG POST

MALANG – Prosesi wisuda nan sakral mengiringi siswa SD Plus Qurrota A’yun untuk melangkahkan kaki menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sabtu lalu (16/6), 24 siswa angkatan pertama dari fullday school tersebut dilepas dengan bangga oleh ketua yayasan, kepala sekolah serta staf pengajar yang telah membina mereka selama enam tahun.’ Bertempat di Gedung Kesenian Gajayana, siswa pelopor tersebut diwisuda bersama dengan 174 siswa TK dan KB yang berada di bawah naungan yayasan yang sama, yaitu Yayasan Qurrota A’yun, dengan Rohmat, S.Sos. sebagai kepala yayasan. “Ini adalah momen yang pertama bagi kami dalam mengantar anakanak menuju dunia remaja. Ada rasa khawatir, haru, dan bangga melihat mereka sebentar lagi akan memakai seragam biru,” ungkap Suryadi, S.Pd., Kepala SD Plus Qurrota A’yun kepada Malang Post. Dalam sambutannya, kepala sekolah mengimbau kepada siswanya agar tetap menjaga nama baik almamater dan menjadi anak yang benar-benar’‘Qurrota A’yun’, yakni penyejuk mata. Ia menilai, setiap anak memiliki keistimewaan yang dapat menjadikan mereka sebagai qurrota a’yun. Untuk itu, ia menyiapkan penghargaan kepada semua siswa, sesuai dengan skill yang dominan pada masing-masing dari mereka. Pada acara yang dihadiri oleh ketua

FOTO IST

TERBAIK: Peraih NUN SD Tertinggi se Kota Malang, Hamidah Alifah Salsabila (kiri) dan Peraih NUN SMP tertinggi di SMPIS Puspa Hikmanty Ramadhani (kanan).

tingkat Jawa Timur dalam event lomba Drum Band. TK Islam Sabilillah Malang meraih Juara I dan Juara Umum KDS Display & Play Pass Competition 2013 Tingkat Jawa Timur. Predikat juara umum tersebut ditopang oleh predikat The Best General Effect, The Best Display & Showmanship, The Best Analis Musik Melodis Prestasi yang diraih oleh TK, SD, dan SMP Islam Sabilillah Malang tersebut adalah sebagian kecil dari sederetan prestasi akademik dan non akademik lainnya. Siswa Sabilillah yang berkarakter akhlakul karimah, kritis, kreatif semoga menjadi bekal bagi mereka dalam melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya. Semoga alumni Sabilillah tetap menjadi yang terbaik dimanapun mereka berada, menjadi anak yang sholeh dan sholihah serta menjadi pemimpin muslim masa depan. (oci/sir/nda)

17

MALANG - Hari ini SDN Karang Besuki 2 yang berlokasi di kawasan Candi Badut menggelar kegiatan penyerahan kembali 25 siswa kelas 6 kepada orang tua. Acara bakal berlangsung ramai dan meriah, sebab lembaga mengundang semua orang tua dari kelas 1-6. Kepala Sekolah SDN Karang Besuki 2 Heri Susanto S.pd mengatakan kegiatan penyerahan kembali siswa kepada orang tua, juga akan menampilkan beragam kesenian daerah. “Kami akan tampilkan tembang Jawa Panem Bromo,” katannya. Panem Bromo ini adalah tembang yang berisi pesan-pesan moral. Dia menerangkan bahwa dalam kegiatan ini selain melakukan penyerahan siswa kepada orang

AMIR HAMZAH/MALANG POST

LULUS: Siswa siswi SDN Karang Besuki 2 beserta guru sebelum diserahkan kembali kepada orang tua, hari ini.

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

PERSIAPAN: Mahasiswa AKFAR & AKAFARMA PIM mendapat kesempatan mengikuti pembekalan menjelang musim rekruitmen.

MALANG - Menyambut musim rekruitmen, Carier Centre Putra Indonesia Malang (PIM) menggelar pembekalan dunia kerja, Jumat (21/6). Pesertanya adalah mahasiswa semester 6 Akfar dan Akafarma. Materi pembekalan meliputi tes psikologi, kewirausahaan dan persiapan tes wawancara. Agenda rutin ini digelar oleh Carier Centre PIM. “PIM gencar melakukan rekruitmen dengan menggandeng perusahaan, karena itu mahasiswa kami bekali agar bisa menembus seleksi perusahaan,” ungkap Ketua Pelaksana Carier Centre PIM, Debora Irawati. S.Psi. Dalam pembekalan kemarin peserta dikenalkan dengan model psikotes yang

biasa dilakukan di perusahaan. Ada beberapa tipe soal psikologi yang diujikan untuk pengenalan kepada mahasiswa. “Akan ada evaluasi diakhir tes supaya peserta tahu apa kekurangan dan kelemahannya,” ungkapnya. Psikotes untuk mahasiswa PIM kemarin dikoordinatori oleh psikolog, Heri Triyanto S.Psi. Usai psikotes, dilanjutkan dengan materi kewirausahaan oleh Umi Kulsum SE. Pada sesi terakhir materi disampaikan oleh Chrystiana Trie Pudji S.Psi dengan materi tes wawancara. “Wawancara kerja itu ada tekniknya, harus tahu bagaimana menjawab cepat dan tepat,” ujar Chrystiana Trie Pudji S.Psi.

Yang penting pada sesi wawancara menurutnya adalah performance. Sebab selama ini banyak orang yang cenderung cuek dengan penampilan. Mengetahui profile perusahaan yang akan dilamar menurutnya juga sangat penting. Termasuk menentukan berapa gaji yang diinginkan pelamar. “Biasanya perusahaan punya standar gaji, tapi harus diukur dengan kemampuan dirinya,” imbuhnya. Sementara itu pada Kamis lalu proses rekrutmen dilaksanakan oleh Rumah Sakit dr Etty Asharto Batu. Menurut Direktur AKFAR PIM, Lailiiyatus Syafah, S.Farm., Apt, kebutuhan tenaga farmasi saat ini sangat tinggi. Tidak hanya terbatas di dunia kesehatan saja, tapi sudah merambah ke dunia industri. “Layanan kesehatan juga beramai-ramai meningkatkan layanannya, sehingga membutuhkan tenaga farmasi yang banyak,” bebernya. Dijelaskannya, persyaratan menjadi calon mahasiswa farmasi tidak terlalu spesifik. Siapa saja bisa diterima asalkan memenuhi syarat utama buta warna untuk bedakan obat satu dan yang lain. “Entrepreneur adalah salah satu peluang yang cukup bagus pada dunia farmasi, apalagi sekarang obat tidak hanya mengenal yang kimiawi tapi juga mulai kembali mengangkat obat tradisional,” jelasnya. D3 Akfar dan Akafarma PIM tahun ini kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru. Untuk gelombang pertama akan ditutup pada 30 Juni, dan gelombang dua ditutup pada 20 Agustus. Informasi pendaftaran di www.putraindonesiamalang.or.id. (oci/sir)

tua dan pembagian rapor, juga mengenalkan budaya daerah kepada siswa. Budaya daerah selalu dikenalkan dan diajarakan kepada siswa agar mereka kembali ke jati diri yakni memiliki prilaku yang baik, sopan sesuai ajaran budaya Jawa . Menurutnya jati diri sebagai orang jawa para siswa saat ini sudah luntur. Hal ini disebabkan terpengaruhnya siswa dengan adanya era globalisasi. “Siswa saat ini bergaya kebarat-baratan. Padahal budaya barat merusak identitas siswa sebagai orang Jawa atau orang Indonesia,” katannya. Untuk mengantisipasi hal tersebut dia dan para guru selalu mengajarkan prilaku yang baik sesuai dengan budaya daerah. Seperti mengajarkan sopan santun dalam berbahasa kepada orang tua, guru dan lainnya. Ke depan dia mengatakan akan lebih menguatkan pembelajaran tentang budaya daerah yakni dengan mengadakan atau melengkapi ekskul kesenian daerah. Sementara itu dalam bidang keagamaan sekolah akan membangun musala, di bidang akademik akan melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran seperti LCD. Sedangkan dalam peningkatan kualitas guru, lembaga saat ini sedang mengikutkan kursus di lembaga- lembaga peningkatan mutu . “Kami selalu melakukan usaha demi kemajuan sekolah,” pungkasnya. (ham/sir/nda) REDAKTUR : ADINDA, LAYOUTER : RAHMA

SABTU, 22 JUNI 2013

18

Balas Budi, Bupati Jember Kampanyekan Khofifah JEMBER- Bupati MZA Djalal hadir di tengah-tengah acara Muslimat NU di Pasar Kalisat, Kabupaten Jember, Jumat (21/ 6/2013). Ia mengampanyekan Khofifah Indar Parawansa yang mendaftarkan diri sebagai kandidat gubernur. Acara pengajian Muslimat NU itu dihadiri tokoh NU KH Sholahudin Wahid dan calon wakil gubernur, Herman S. Sumawiredja. Kehadiran Djalal ini sempat membuat kaget para Muslimat NU, karena tidak pernah mengundangnya. “Saya menjadi bupati Jember, pendukung utama saya Muslimat NU,” kata Djalal di hadapan ratusan Muslimat NU. Djalal mengaku pernah berjanji jika terpilih menjadi bupati Jember. “Pertama, memberi tanah kepada Muslimat NU Jember. Muslimat NU kini sudah punya tanah di Talangsari seluas lima ribu meter persegi,” katanya. MZA Djalal “Kedua, saya mau kasih modal kepada kelompok pengajian, untuk koperasi simpan pinjam kalangan bawah. Saya lihat ini sudah jalan. Saya minta laporan mana yang sudah jalan tadi,” tambah Djalal. Usai acara, Djalal menegaskan sebuah pepatah kepada wartawan. “Ada ubi ada talas, ada budi ada balas. Saya dulu waktu jadi Bupati, Muslimat yang dukung, saat ini waktunya balas budi,” tuturnya. (jpnn/udi)

Gus Ipul Dekati Massa IPPNU Jatim SAPA PENDUKUNGNYA: Meski belum ada kepastian tentang nasibnya di Pilgub Jatim,Khofifah Indar Parawansa tetap menyapa pendukungnya, utamanyajamiyah Muslimat NU.

Sapa Pendukungnya, Khofifah Optimis Menang GRESIK-Khofifah Indar Parawansa di hadapan pendukungnya di Kabupaten Gresik menargetkan optimis menang dan dilantik. Bertatap muka di hadapan ratusan jamiyah Muslimat se-Kecamatan Manyar, calon gubernur (Cagub) PKB itu mengaku bisa memenangi Pilgub Jatim 2013.”Kami menargetkan menang dan dilantik pada Pilgub 2013 ini. Bukan target menang, tapi tidak dilantik seperti 2008 lalu,” ujarnya usai memberikan ceramah di Pertemuan Rutin Muslimat Anak

Cabang Manyar di Musala Al Mubarok, Desa Banyuwangi, Kecamatan Manyar, Gresik, Jumat (21/06/2013). Khofifah yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU itu mengungkapkan alasan peningkatan rasa optimismenya, karena lokomotif yang mendukungnya lebih banyak serta variannya bertambah. Utamanya dari Muslimat NU sebagai lokomotif politiknya. “Saya juga mendapat dukungan dari Asosiasi Kepala Desa (AKD) Jatim yang sebelumnya

mendukung calon lain, kali ini siap menyukseskan pasangan Berkah (Khofifah-Herman),” tutur Khofifah. Atas dasar itulah, mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan era Presiden Gus Dur itu menegaskan, bila targetnya mempertahankan kemenangan bukan hanya di Kabupaten Gresik. Namun, target menang itu juga terus dikibarkan di semua kabupaten/kota se-Jatim. “Dengan bertambahnya lokomotif politik yang menyokong Khofifah-Herman, kami menargetkan

menang. Tetapi menangnya bukan menang tanpa dilantik, seperti Pilgub 2008 lalu,” paparnya. Khofifah juga menambahkan, untuk kegiatan mobilisasi di Jawa Timur tidak menggunakan APBD, seperti pasangan cagub dan cawagub lainnya. Dirinya menggunakan jaringannya lembaga yang dipimpinnya. Sampai saat ini ada 320 desa yang perempuannya diberdayakan. “Jadi kami tidak menggunakan dana APBD,” tegasnya. Khofifah yang didampingi Ketua PC Muslimat NU Kabu-

paten Gresik Nafiatus Saadah menyempatkan menyapa setiap warga Banyuwangi yang dilewatinya termasuk diantaranya home industri jilbab. Sementara itu, Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Gresik Nafiatus Saadah menegaskan bahwa Banom NU yang dipimpinnya tetap kompak mendukung Khofifah dalam Pilgub 2013 ini. “Kami siap mendukung Bu Khofifah, sebab di Gresik ada 441 ranting Muslimat NU dan tetap bisa menang,” tandasnya. (jpnn/bj/udi)

Daftar Ganda, Gerindra Ancam Tendang Budi Sudarsono KEDIRI-Partai Gerinda mengancam bakal ‘menendang’ mantan pemain Timnas PSSI Budi Sudarsono dari pencalonan anggota legislatif (Caleg) 2014, apabila yang bersangkutan terbukti juga mendaftar melalui PPP di Kabupaten Nganjuk. Saat ini, internal partai tengah menindaklanjuti kabar pencalonan ganda tersebut. Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Kediri, Abdul Rojak mengatakan, pihaknya mengaku masih akan menjalankan langkah sebagaimana mekanisme internal partai dalam menindaklanjuti kabar pencalegan ganda pemain sepakbola yang berjuluk “Si Ular Piton” itu. Menurut Abdul Rojak, dalam jangka dekat, pihaknya bakal memanggil yang bersangkutan untuk dimintai klarifikasi. “Kami masih akan melakkan

rapat koordinasi dengan tim seleksi dinternal partai untuk menentukan sikap terkait salah satu bacaleg yang diduga mencalonkan juga di daerah lain melalui parpol yang berbeda. Setelah itu baru kami akan mengambil kebijakan sesuai dengan aturan yang ada di internal partai,” ujar Abdul Rojak ditemui di Kantor Panwaslu Kabupaten Kediri, Jumat (21/6/2013) Abdul Rojak menjelaskan, ketika mencalonkan diri sebagai bacaleg Partai Gerindra, Budi Sudarsono sudah melengkapi seluruh berkas administrasi yang disyaratkan oleh KPU. Mantan pemain Persik Kediri kitu juga tidak keberatan didaftar sebagai anggota parpolnya hingga memiliki kartu tanda anggota (KTA) parpol. “Budi Sudarsono sudah mendaftar sebagai bacaleg di parpol

Budi Sudarsono kami. Seluruh berkas administrasi sudah dilengkapinya. Hingga yang bersangkutan juga tidak keberatan didaftar sebagai anggota partai dan memiliki KTA,” tambah Abdul rojak. Terpisah, Ketua Panwaslu Kabupaten Kediri Muji Harjito menyatakan, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan

berbagai pihak terkait kasus tersebut. Selain berkoordinasi dengan parpol yang membrangkatkan Budi Sudarsono sebagai bacaleg di Kabupaten Kediri. Panwaslu Kabupaten Kediri juga berencana memanggil yang bersangkutan untuk dimintai keterangan. “Saat ini kami masih melakukan langkah klarifikasi sehingga kami belum bisa menentukan apakah Budi Sudarsono nanti dicoret atau tidak.” jelas wartawan senior Kediri. Sebagaimana amanat pasal 52 huruf j undang-undang nomor 8 tahun 2012 tentang pemilu menyebutkan dalam proses pencalonan yang bersangkutan harus menyertakan surat kesediaan untuk hanya dicalonkan satu partai politik untuk satu lembaga perwakilan yang ditanda tangani diatas kertas bermaterai cukup. Hal tersebut juga diperkuat dengan surat

edaran (SE) KPU nomor 355/ kpu/v/2013 serta SE KPU nomor 315/kpu/v/2013. Ditempat terpisah, komisioner KPU Kabupaten Kediri Sapta Andariswara mengatakan, Budi Sudarsono sudah terdaftar sebagai bacaleg dari partai Gerindra di daerah pemilih (Dapil) 3 dengan nomor urut 5. Menurut Sapta pihaknya masih akan mengklarifikasi pada parpol yang bersangkutan. Jika nantinya terbukti, bacaleg yag bersangkutan sebagaimana peraturan yang ada, bacaleg yang bersangkutan bisa masuk daftar bacaleg yang tidak memenuhi syarat (TMS). Budi Sudarsono dikabarkan mendaftar sebagai bacaleg dari dua partai berbeda dan dua dapil. Budi Sudarsono tercatat sebagai bacaleg Partai Gerindra dapil 3 Kabupaten Kediri dan bacaleg PPP di dapil 4 Kabupaten Nganjuk. (jpnn/udi)

KPU Terima Aduan Caleg Model Panas JAKARTA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima aduan tentang salah satu caleg yang pernah menjadi model majalah dewasa. “Ada juga model panas, masyarakat menyebut ini tidak pantas dengan menyertakan bukti foto-foto yang bersangkutan,” ujar Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di Media Center KPU, Jakarta, Jumat (21/6/2013). KPU juga menerima aduan masalah moral lain yang dilaporkan oleh masyarakat. “Ada juga persoaran moral caleg dilaporkan suka marah-marah di lingkungannya. Caleg ini pernah ngerobohin gapura,” tambahya. Saat ini KPU telah menerima kurang lebih 70 buah aduan dari masyarakat usai DCS (daftar caleg sementara) diumumkan melalui wesite resmi kpu www.kpu.co.id dan media cetak, beberapa waktu lalu. Semenatra itu, sebagai upaya maksimalisasi peluang masyarakat

Hadar Nafis Gumay untuk mengadukan calon legislatif bermasalah, Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formmappi) berharap KPU mau memberi ruang seluas-luasnya untuk menerima pengaduan dari masyarakat, termasuk yang tidak mau disebutkan identi-

tasnnya, tetapi memiliki bukti kuat. “Ada juga yang datang ke Formappi, tapi ini sulit, Formapi meminta kepada KPU supaya membuka ruang seluasluasnya,” ucap Sebastian Salang Salam, Koordinator Formappi, di Jakarta, kemarin. Sebastian mengaku dirinya pernah mendapat laporan dari masyarakat yang datang dengan menyertakan barang bukti, namun yang bersangkutan enggan disebutkan identitasnya. Dari pelaporan yang diterima pihaknya tersebut, Sebastian mempertanyakan apakah KPU mau menerima pengaduan dari masyarakat tersebut. “Pengaduan dari masyarakat ini kan bagus, ini kesempatan untuk masyarakat dapat menyampaikan keberatan tentang daftar calon,” tambah Sebastian. Apa yang disampaikan Sebastian, ditanggapi KPU dengan tegas. Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay menyatakan pihaknya tetap tidak akan memproses pengaduan atau informasi yang masuk tanpa menyertakan identitasnya. Hal tersebut dilakukan

agar informasi yang disampaikan tidak mengandung fitnah. “Untuk yang tidak mencamtumkan identitas tidak akan kami proses, agar apa yang disampaikan bukan fitnah. Kenapa harus ada identitasnya, ini juga untuk mendidik masyarakat agar berani bertanggung jawab. Namun masyarakat tidak perlu ragu, karena kerahasiaan akan dijamin,” ujarnya. Mengamini apa yang disampaikan Hadar, komisiner KPU lainnya Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan identitas itu penting disertakan dalam memberikan informasi kepada KPU. “Lebih baik dengan identitas yang jelas. Tapi silahkan sampaikan saja. Nanti kita klarifikasi,” kata Ferry. Sejak daftar caleg sementara (DCS) diumumkan melalui wesbite resminya, KPU membuka ruang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memberikan masukan tentang caleg-caleg yang akan maju pada Pemilu 2014. Bahkan, KPU juga melengkapi DCS kali ini dengan profil para bacaleg. Satu hal yang harus diperhatikan, para pelapor harus memberikan identitas yang jelas. (jpnn/udi)

SURABAYA- Menjelang Pilgub Jatim 2013, Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memimpin peserta apel 1000 massa Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jatim yang terdiri dari pemuda-pemudi NU dalam rangka Pra Konferwil XVII pimpinan wilayah Jatim di Taman Bungkul Surabaya, Jumat (21/6/2013). Gus Ipul mengatakan, keberadaan IPPNU harus dapat berperan bagi generasi muda bangsa, khususnya di Jatim. Antara rumah dan sekolah IPPNU harus berperan di dalamnya sehingga mereka turut berkontribusi bagi generasi muda dalam mengisi kegiatan yang positif. Ia menambahkan, IPPNU dapat mengisi kegiatannya secara positif dengan diisi oleh keterampilan yang bisa menghasilkan nilai lebih bagi generasi muda di Gus Ipul Jatim. Kegiatan yang positif ini diharapkan dapat mengurangi kejahatan antara rumah dan sekolah. “Antara rumah dan sekolah inilah, hal yang rawan untuk dimasuki dengan kejahatan seperti kenakalan remaja antara lain bahaya narkoba, seks bebas maupun obat-obatan terlarang lainnya,” ujarnya. Di hadapan ribuan peserta apel, Gus Ipul berpesan kepada IPPNU mengenai pentingnya mempelajari agama maupun memiliki akhlak yang baik dalam bersikap dan bertingkah laku di tengah-tengah masyarakat. IPPNU harus memberikan nilai positif bagi generasi muda terutama bagi urusan mengenai keagamaan dan harus dibekali aqidah yang ditunjang dengan badan yang sehat. “Tidak ada gunanya aqidah dan agamanya kuat, jika memiliki tubuh yang tidak sehat,” tegasnya. Gus Ipul mengingatkan, pemuda NU harus memiliki badan dan jiwa yang sehat, maka yang terjadi ilmu yang didapat akan meningkat serta mendapat hidayah dan barokah setelah berusaha atau berikhtiar. Diharapkan, hasil konferwil ini nantinya dapat menghasilkan keputusan yang baik dan positif sehingga hasilnya dapat digunakan untuk membantu Pemprov Jatim dalam mengambil kebijakan khususnya berkaitan dengan generasi muda. (jpnn/udi)

Jenderal Djoko Siap Ikut Konvensi Demokrat JAKARTA- Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso mempertimbangkan ikut Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat sepanjang aturan mainnya akan tulus dan melibatkan penilaian publik secara terbuka serta demokratis.”Pak Djoko Santoso baru akan memutuskan ikut konvensi PD atau tidak setelah aturan main konvensi diumumkan oleh PD,” kata Usamah Hisyam, Direktur Eksekutif Lembaga Indonesia ASA ketika ditemui wartawan di kantor ormas tersebut di Jakarta, Jumat (21/6). Djoko Santoso adalah lulusan Akademi Militer (1975), sukses dalam penugasan pertempuran di Timor Timur (1976), turut meDjoko Santoso rumuskan konsep Reformasi TNI saat menjabat Wakil Assospol Kassospol ABRI (1998), mengatasi konflik bersenjata di Maluku saat menjabat Pangdam XVI Pattimura (2002-2003). Djoko juga berhasil memulihkan situasi dan kondisi keamanan pasca konflik komunal di Poso ketika menjabat KSAD (2005-2007) sekaligus mencetuskan Trisula TNI serta mendirikan Patriot Leadership Development Center, dan terakhir membawa TNI netral dalam Pemilu dan Pilpres 2009 saat ia Panglima TNI. (jpnn/udi)

Golkar Waspadai PDIP Saingan Berat di Pileg 2014 JAKARTA- Golkar siap untuk memenangkan Pemilu 2014 dengan target perolehan 180 kursi DPR. Namun Golkar tak jumawa, partai berlambang pohon beringin itu mewaspadai PDIP sebagai saingan berat. “Dalam berbagai survei dan pemberitaan kita berada diatas. Namun, dari segi semangat, confidence, segi konsolidasi, kelihatannya PDIP (lebih siap). Ini survei,” kata Ketua Dewan Petimbangan Golkar, Akbar Tandjung, di Nusa Dua, Bali, Jumat (21/6/2013). Akbar menyampaikan hal tersebut pada acara ‘Pengukuhan Badan Koordinasi Pemenangan Pemilu (BKPP), Peluncuran Nomor Urut 5, dan Pembekalan Caleg DPR RI Partai Golkar’ di Westin Hotel, Nusa Dua Bali. Acara tersebut dihadiri oleh para caleg Golkar dari seluruh Indonesia. Untuk itu, Akbar menginstruksikan para kader Golkar mengamati strategi PDIP. “Kami telah mengirim surat kepada Saudara Sekjen (Idrus Marham), supaya ini (mengamati PDIP) diterima sebagai bahan masukan menghadapi Pileg 2014,” ujarnya. (jpnn/dtc/udi) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI

SABTU, 22 JUNI 2013

19

Kades Saptorenggo Ajukan... Sambungan dari halaman 20 Sementara itu, kasus penipuan dengan tersangka Suhartono ini sendiri, kemarin digelar oleh Kasubag Humas Polres Malang Ipda Soleh Mas’udi. Dalam gelar perkara, keterangan tersangka Suhartono ini sempat membingungkan Kasubag Humas. Karena jawaban dari pertanyaan tidak sama. Namun demikian, dia mengakui bahwa pernah menyewakan tanah bengkok kepada Abdul Kamid. Besarnya Rp 17,5 juta, untuk sewa tanah selama tiga tahun sejak 2011. Tetapi pada kenyataannya, sebelum disewakan kepada Abdul Kamid, tanah sebelumnya sudah disewakan ke H Amin Suparno. Namun belum selesai masa sewa, Suhartono menyewakan kepada Abdul Kamid, hingga terjadi perselesihan karena korban tidak bisa menggarap tanah yang disewa. “Saat pak Abdul Kamid dan Abah Parno (H Amin Suparno) ini bersilisih, saya langsung mengundangnya ke balai desa untuk diselesaikan Desa. Tetapi ujung-ujungnya saya dilaporkan meski sudah saya berjanji untuk mengembalikan uangnya,” tutur Suhartono. Disinggung soal uang sewa dari Abdul Kamid, tersangka Suhartono menuturkan kalau uang itu sudah habis. Alasannya, uang habis selain untuk mencukupi kebutuhan keluarga, juga habis digunakan untuk operasional desa. “Uang sewa tanah dari Abdul Kamid, saat itu saya pergunakan untuk operasional desa. Berapa jumlahnya saya lupa. Namun yang jelas uang sewa dari Abdul Kamid yang saya terima saat itu sebesar Rp 17,5 juta,” katanya. (agp/aim)

Gerojok Bonus, 1 Emas Rp 20 Juta SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

SIAP PERBAIKI: Sejumlah alat berat yang sudah dipersiapkan untuk melakukan perbaikan di Jalan Desa Bokor, Kecamatan Tumpang.

Rusak Parah, Jalan Desa Jadi Prioritas TUMPANG-Keseriusan pemerintah daerah dalam menggarap wilayah Malang Timur sebagai pintu masuk wisata menuju ke Gunung Bromo, terus dilakukan. Setelah wilayah Kecamatan Poncokusumo dan Kecamatan Pakis, yang mendapatkan perhatian melalui perawatan dan perbaikan jalan. Kali ini, giliran wilayah Kecamatan Tumpang, yang mendapatkan jatah sama dalam perawatan dan

perbaikan jalan. Khusus untuk kebutuhan perawatan jalan di wilayah yang terkenal dengan Candi Jago-nya itu, Dinas Bina Marga Kabupaten Malang, menganggarkan sedikitnya Rp 6 miliar. Jumlah anggaran untuk perawatan akses jalan tersebut, nantinya akan disebar pada 21 titik lokasi di seluruh wilayah Kecamatan Tumpang. “Untuk alokasi dana pera-

watan dan perbaikan jalan di Tumpang, pemerintah daerah menganggarkan sekitar Rp 6 miliar. Jumlah itu, terpecah dalam beberapa lokasi atau sekitar 21 titik wilayah di Tumpang,” kata Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang, M Anwar. Beberapa lokasi yang akan menjadi pemusatan perawatan, terang Anwar, diantaranya seperti Jalan Desa Slamet ke

wilayah Pandanajeng. Khusus lokasi itu, akan dikerjakan sekitar 1,8 kilometer. Sementara anggarannya sekitar Rp 1 miliar. “Salah satu lokasi yang cukup menyita pengerjaan, yakni di Jalan Desa Slamet yang menelan biaya sekitar Rp 1 miliar,” ungkap Anwar. Bagaimana dengan jalan desa lainnya, dirinya menjelaskan, Jalan Desa Kedungrejo hingga wilayah Desa Kambingan akan

dilakukan perawatan sama dengan panjang sekitar 1 kilometer. Adapun besar anggarannya sekitar Rp 500 juta. “Beberapa jalan lainnya yang akan dikerjakan, diantaranya adalah Jalan Desa Kidal menuju ke wilayah batas Kota Malang. Jalan lainnya seperti Jalan Desa di Malangsuko. Untuk pusat kota sendiri juga akan dilakukan hal yang sama,” ungkapnya. (sit/aim)

Sambungan dari halaman 20 Jadilah atlit yang baik. Baik itu sesame teman satu tim ataupun dengan lawan. “Saya berharap atlit-atlit nanti ini, pulang dari Porprov di Madiun bisa mengharumkan nama Kabupaten Malang. Pastinya dengan perstasi yang luar biasa,” ucap Rendra Kresna. Sementara itu, tim sepakbola Kabupaten Malang, sudah masuk enam besar. Itu setelah menjadi juara pool (grup) dengan memenangkan tiga kali pertandingan dan sekali seri. Diantaranya menang 4ñ1 dari Kabupaten Pasuruan, menang 30 dari Kota Pasuruan, menang 1-0 dari Madiun serta seri 1-1 dengan Sidoarjo. (agp/aim)

Biasa Ke Pantai Sambungan dari halaman 20 “Coba kalau fasilitas di sekitar pantai diperbaiki dan ditambah beberapa fasilitas, maka akan terlihat cantik dan membuat pengunjung akan kerasan dan ingin datang lagi,” tutur Mahasiswi Widyakarya jurusan Sekretaris ini. Selain fasilitas di sekitar pantai, kondisi jalan menuju pantai juga harus diperhatikan. Sebab masih banyak jalan yang kondisinya rusak.”“Liburan paling menyenangkan itu bersama keluarga dengan tujuan pantai. Sebab selain bisa menghilangkan rasa penat, sekaligus juga bisa melihat alam secara terbuka,” kata pemilik hobi renang, yang mengaku kuliah sambil bekerja ini. (agp/aim)

Teknik Kendaraan Sepeda Motor Janjikan Peluang Kerja PAGAK–SMK Putra Bangsa Gampingan Kecamatan Pagak, mulai tahun ajaran baru 2013 – 2014 membuka kompetensi baru yakni teknik kendaraan sepeda motor. Sekolah yang ada di wilayah Malang Selatan ini, melengkapi kompetensi yang sebelumnya hanya satu yakni komputer dan jaringan. ‘’Kami membuka kompetensi ini karena banyaknya permintaan dari wali siswa. Ada juga usulan dari warga sekitar. Namun, yang menjadi pertimbangan utama adalah tiga tahun ke depan jumlah sepeda motor sangat besar, sehingga peluang lowongan pekerjaan sangat tinggi,’’ tegas Kepala SMK Putra Bangsa, Sugiyanto ST. MM, kemarin. Dijelaskannya, untuk me-

ningkatkan kualitas kompetensi baru itu, SMK Putra Bangsa sudah menyiapkan sarana dan prasarana, termasuk laboratorium, bengkel, literatur. Bahkan, juga dilengkapi dengan beberapa unit kendaraan sepeda motor yang nantinya untuk praktik para siswa. Bahkan, perlengkapan dan kunci yang dibutuhkan untuk bongkar pasang sepeda motor juga disiapkan. Ini bertujuan agar dalam praktik nanti, siswa tidak lagi kebingungnan. ‘’Kami sudah menyiapkan semua perkakas laboratorium dengan lengkap. Jadi, siswa tinggal pakai dan mengembangkan ilmunya. Termasuk tentang kelistrikan sepeda motor. Kami akan mewujudkan laboratorium bengkel

sepeda motor sekelas AHAS,’’ jelasnya. Sementara itu, untuk kompetensi teknik komputer dan jaringan yang sudah ada, peminatnya sangat besar. Karena itulah, SMK Putra Bangsa berusaha untuk mengembangkan dan memenuhi dengan segala sarana dan prasarana. Dan, kini, para siswa sudah banyak yang bisa berkarya. Yang menarik, untuk meningkatkan dan menguji kemampuan pengetahuan dibidang informasi teknologi yakni komputer, siswa di SMK Putra Bangsa wajib hukumnya bisa men-set up, upgrade dan bongkar pasang jaringan di laboratirum yang ada di SMK Putra Bangsa. Bahkan, kemampuan tersebut menjadi satu

penilaian khusus. ‘’Alhamdulillah, untuk kemampuan siswa kami bisa diandalkan. Baik hardware maupun softwarenya juga. Dan inilah yang terus kami kembangkan agar kualitas di SMK Putra Bangsa tidak kalah dengan SMK yang ada di kota. Dan saya yakin, kami siap berkompetisi,’’ imbuhnya. (sd/sir/aim)

SMK PUTRA BANGSA FOR MALANG POST

PRAKTIKUM : Siswa SMK Putra Bangsa Gampingan, Kecamatan Pagak melakukan praktikum di laboratorium sekolah.

REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI

KABAR KANJURUHAN SABTU 22 JUNI 2013

Biasa Ke Pantai

GADIS cantik satu ini memang bukan asli kelahiran Kabupaten Malang. Namun kodew ini, sangat peduli dengan perkembangan wisata di Kabupaten Malang. Terutama wisata pesisir pantai. Itu karena

selain hobinya yang suka jalanjalan ke pantai, Margaretha Anastasya Silvi Kristi ini juga mengaku bangga dengan Kabupaten Malang yang memiliki banyak pantai. Hanya saja, kata dara kelahiran

Malang 13 Mei 1992 ini, banyaknya tempat objek wisata yang ada, masih belum diperhatikan serius oleh Pemerintah Kabupaten Malang. Sebab banyak tempat wisata, yang seharusnya menjadi

20

jujugan berwisata paling indah, tetapi malah terbengkalai. Itu karena selain kondisi pantainya yang tak terawat, fasilitas di sekitar pantai juga tidak mendukung. Baca Biasa... Hal.19

Margaretha Anastasya Silvi Kristi

Kades Saptorenggo Ajukan Penangguhan Tahanan AGUNG PRIYO/MALANG POST

DIPERIKSA : Tersangka Suhartono, ketika diinterogasi Kasubag Humas Polres Malang dan dikawal oleh anggota.

K KEPANJEN – Baru sehari mendekam di balik rutan Mapolm res Malang, Suhartono, Kepala re Desa (Kades) Saptorenggo, D Kecamatan Pakis, ternyata suK ddah tidak betah. Pria 43 tahun ini, mengajukan penangguhan in ppenahanan. Pengajuan penangguhan sendiri diajukan lewat pengacaranya, Dwi Indrotito

Cahyono, SH, kemarin. “Benar, surat pengajuan penangguhan hari ini tadi (kemarin, red) saya ajukan. Disetujui atau tidaknya, urusan belakang. Namun saya berharap penangguhan itu bisa terealisasi,” ungkap Dwi Indrotito Cahyono. Alasan penangguhan adik kandung Suhadi, anggota DPRD

Kabupaten Malang yang saat ini tengah berada di LP Lowokwaru, menurut Tito, karena ada beberapa alasan. Pertama antara kliennya dengan korban, Abdul Kamid sudah terjadi kesepakatan berdamai dengan menyelesaikan secara kekeluargaan. Suhartono sudah berjanji untuk mengembalikan uang sewa

sebesar Rp 17,5 juta beserta uang ganti ruginya. Kedua, kliennya sampai saat ini masih menjabat sebagai kepala Desa Saptorenggo. Terhitung jabatan Kades sejak 2007 itu, baru akan berakhir 11 Desember 2013. Sehingga, Suhartono yang akrab disapa Jambul ini sangat dibutuhkan keberadaanya oleh masyarakat

Desa Saptorenggo. “Dan alasan lainnya, karena Jambul ini tidak akan kabur. Apalagi, dia masih menjabat sebagai Kades. Dulu dianggap tidak kooperatif oleh penyidik itu, karena klien saya bingung mencari uang untuk mengganti uang sewa korban,” katanya. Baca Kades... Hal.19

Gerojok Bonus, 1 Emas Rp 20 Juta Target Tiga Besar Porprov Jatim MALANG - KONI Kabupaten Malang menyiapkan bonus besar bagi atlit yang bertanding di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV di Madiun. Bonus akan dicairkan untuk atlit yang berhasil mendapatkan medali. Besaran bonus yang akan diberikan pun tidak main-main. Rinciannya, untuk medali emas sebesar Rp 20 juta, medali perak sebesar Rp 10 juta dan medali perunggu sebesar Rp 5 juta. “Bonus untuk tahun ini, sama dengan tahun sebelumnya. Dan besaran bonus ini sudah mendapat persetujuan dari Bupati Malang,” ungkap Ketua Panitia Porprov Kabupaten Malang Sudarta, Pada Porprov IV di Madiun,

KONI Kabupaten Malang ini, memberangkatkan 423 orang. Terdiri 320 atlit dan sisanya adalah official serta manager masing-masing cabang olahraga (Cabor). Tim KONI Kabupaten Malang sendiri, berangkat pagi kemarin diberangkatkan oleh Bupati Malang Rendra Kresna di Pendopo Kabupaten. Tim berangkat dengan mengendarai beberapa bus dan mobil pribadi. Cabang olahraga yang diikuti sebanyak 30 Cabor. Dari 30 Cabor itu, targetnya bisa merebut peringkat tiga. Oleh karena itu minimal, perolehan emas yang harus digapai adalah 50 medali emas. “Tahun sebelumnya, Kabupaten Malang berada diperingkat empat. Untuk tahun ini harus bisa diperingkat dua, atau minimal diperingkat tiga,” ujar Sudarta.

Persiapan sebelum berangkat ke Madiun, seluruh atlit sudah dipersiapkan secara matang. Semua atlit mengikuti Puslatcab sejak awal Januari 2013 lalu. Meski rival terberat dalam Porprov IV ini adalah Kota Surabaya, diyakini Kabupaten Malang masih bisa bersaing dengan daerah lain. “Ada beberapa cabor yang menjadi andalan kami untuk bisa mendapatkan medali emas. Diantaranya cabor angkat besi, atletik, selam, renang, silat dan gulat,” katanya sembari mengatakan bahwa ada tiga atlit termuda di cabor senam yang usianya masih 11 tahun. Bupati Malang Rendra Kresna, dalam sambutannya saat memberangkatkan atlit-atlit ini, meminta untuk selalu menjaga sportifitas. Baca Gerojok... Hal.19

RIZAL FANANY/MALANG POST

SIAP RAIH PRESTASI: Tim Karate Kabupaten Malang siap merebut emas dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV di Madiun.

Partai Nasdem Kota Malang Bekali Caleg Partai Nasdem Kota Malang melangkah lebih maju pasca pengumuman daftar caleg sementara (DCS) oleh KPU. DPD Partai Nasdem Kota Malang menggelar deklarasi dan pembekalan seluruh bakal caleg yang diusung dalam pemilu legislatif di Hotel Trio Indah, Jumat (21/6) kemarin.

SUKUN: Para caleg Partai Nasdem dari dapil Sukun membacakan deklarasi mereka.

FOTO/TEKS : RIZAL FANANY/VANDRI VAN BATTU

PEMIMPIN: Ketua DPD Partai Nasdem Kota Malang, Drs H Wahyoedhi HC memberi pengarahan kepada para bakal caleg.

KEDUNGKANDANG: Para caleg Partai Nasdem dari dapil Kedungkandang deklarasi.

DPR RI: Caleg Partai Nasdem asal dapil Malang Raya untuk DPR RI memperkenalkan diri. Salah satu caleg DPR RI yang juga Ketua Partai Nasdem Kabupaten Malang H Kresna Dewanata Phrosakh nyatakan komitmen.

BLIMBING: Para caleg Partai Nasdem dari dapil Blimbing kompak saat deklarasi kemarin.

LOWOKWARU: Para caleg Partai Nasdem dari dapil Lowokwaru penuh semangat saat giliran deklarasi kemarin. KLOJEN: Para caleg Partai Nasdem dari dapil Klojen saat deklarasi sekaligus memekik yel-yel.

DPRD JATIM: Caleg Partai Nasdem asal dapil Malang Raya untuk DPRD Jatim memperkenalkan diri. REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: REEP, SC: TEM


Mp2206