Issuu on Google+

1

V i l l a Pa n b i l

Hunian Eksotik

Para Bule

Jeep Wrangler Mountain :

Tangguh di Medan

Off-Road

akad tanpa sertifikat

Dam Baloi Hutan Lindung Jadi Pusat Bisnis

EDISI 7, Minggu III maret 2013

indeks

2 edisi 7, minggu III - Maret 2013

kutubkhanah 47

Selain Tuhfat al-Nafis dan Silsilah Melayu dan Bugis dalam berbagai versinya yang sangat terkenal itu, ada banyak sekali manuskrip sejarah yang pernah ditulis dan disalin di Riau-Lingga sejak awal abad ke-19 hingga menjelang awal abad ke-20.

gadagadu 78

Agnes Monica bikin heboh setelah memajang foto mesra dengan lelaki berkacamata yang belakangan diketahui bernama Ronald Steven. Dia pemain bass, pencipta lagu, dan music director yang setia mengiringi pertunjukan Agnes.

media 29

Jumlah pelanggan media digital di AS, menurut AAM, mencapai 5,1 juta orang. Dalam laporan itu disebutkan, edisi digital majalah People dilanggani 3.563.036 orang.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

05 fokus peristiwa

Sebanyak 1.900 hektare areal hutan lindung dan konservasi di Batam dialokasikan kepada 400 pengembang tanpa persetujuan Menteri Kehutanan. Lebih dari 20.000 rumah dan ruko telah dibangun di atasnya. Tapi, pemilik tak bisa mengantongi sertifikat. Kemenhut menolak memberi restu alih fungsi.

50 matabola

Anak perusahaan mampu menjadi inspirasi perusahaan induknya, biasa. Tapi bila anak perusahaan itu sebuah klub sepak bola, baru luar biasa. Itulah yang terjadi pada Juventus dengan semangat Juventino untuk induknya, Fiat.

44 pix

Umat Hindu Dharma Batam mengarak ogoh-ogoh sehari menjelang Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1935. Ritual pembakaran ogoh-ogoh yang melambangkan nafsu dan angkara murka.

3 edisi 7, minggu III - Maret 2013

57 tourism

56 digistyle

Jika keindahan resort biasanya hanya bisa dinikmati dalam beberapa hari saja. Tempat ini menyediakan tempat tinggal bernuansa eksotis yang bisa dimiliki selamanya hingga sampai tua. Yup, inilah Villa Panbil, sebuah komplek villa elit bernuansa ‘forest ambience’.

Namanya zaman digital, segala sesuatunya dilakukan dengan gadget. Termasuk juga obat anti nyamuk, kini tak lagi pakai yang dibakar atau yang disemprot. Tetapi beralih ke jenis digital.

indeks

38 creatrep Status pegawai negeri sipil dengan penghasilan yang pasti, tak membuat Ratih Suzannah berpuas diri. Ia membuka bisnis online dan rental mobil dan menargetkan sukses sebelum usia 30 tahun.

35 trend

Berlian menunjukkan kemewahan dan keanggunan. Konon berlian juga melambangkan sebuah keabadian, tak heran banyak yang menjadikan berlian sebagai tanda ikatan cinta.

kiprah

53

Saat memulai gerakan penggunaan transaksi dinar dan dirham Augustine diejek dan ditertawakan. Kini ia punya banyak pengikut, khususnya dari kalangan dokter.

tips101

leader

73

Sampe Siburian, General Manager (GM) PT Jago Batt Batam tidak ragu menekuni bisnis baru yang sama sekali belum pernah dilakoni.

tekstasi

64

Sajak-sajak Tomas Transtromer EDISI 7, Minggu III maret 2013

82

Menjadi atasan yang baik bukan cuma menguntungkan karyawan, tetapi juga diri sendiri. Lantas bagaimana caranya agar jadi bos yang disukai karyawan?

otomotif

61

Kiki Tan mendandani Wrangler Mountain miliknya dengan beragam aksesoris yang ia beli langsung dari Amerika, dengan ongkos sekitar Rp100 juta.

spash

4

sedia payung sebelum hujan

Certus PADA zaman dahulu hiduplah sebuah kata di lidah orang Yunani yang berbicara dalam Bahasa Latin. Kata itu adalah certus. Kata itu diucapkan untuk menakrif sesuatu yang “sudah pasti, meyakinkan, sudah tetap, dan terumuskan”. Kata itu menjadi sumber kata certo di lidah orang Italia, cierto kata orang Spanyol. Kata certus dalam Bahasa Latin punya varian lain yaitu certanus. Varian kata inilah yang diserap oleh lidah Prancis menjadi certain. Orang Inggris mencomot varian ini, juga lewat bahasa Prancis tadi. Suatu waktu, kata certus bertemu dengan facere – yang berarti “membuat”. Jadilah kata certificare yang artinya “membuat sesuatu itu menjadi pasti, atau memastikan kebenaran suatu hal”. Kata inilah yang kemudian diserap oleh orang Prancis sebagai certefiier. Dan kata ini orang Inggris memasukkan ke kamus mereka menjadi certify, dengan makna yang kurang lebih sama, yakni “menyatakan kebenaran tentang suatu hal”, juga berarti “jaminan untuk atau penegasan tentang suatu hal”. Kita kembali ke kata certificare tadi. Itu adalah kata

kerja. Kalau ada sesuatu yang sudah bisa dipastikan maka dalam bahasa Latin kata bendanya adalah certificatum. Nah, dari kata inilah kata certificate berasal. Orang Inggris lagi-lagi mendapatkan kata itu lewat orang Prancis yang lebih dahulu menyerap langsung dari bahasa Latin menjadi certificat. Kita, orang Indonesia, membakukan kata itu menjadi sertifikat, sesuai dengan lidah kita. Kini kita memahami kata “sertifikat” sebagai selembar surat yang menegaskan, memastikan, akan keabsahan sesuatu. Sertifikat diberikan kepada seseorang yang sudah menyelesaikan satu tahapan ujian atau kursus, juga kepada pemenang yang sudah berlaga dan menaklukkan pesaing-pesaingnya. Sertifikat juga diterbitkan oleh lembaga pertanahan untuk memastikan kepemilikan seseorang atas tanah tersebut. Kita memang membutuhkan keyakinan dan kepastian. Dalam beberapa hal kita butuh dan percaya pada sertifikat, kata yang akar katanya, sebagaimana kita lacak di atas, memang berasal dari kata yang bermakna “yakin” dan atau “pasti”, yakni certus itu tadi.

Hasan Aspahani Pemimpin Umum

EDISI 7, Minggu III maret 2013

5

fokus p e r i s t i w a

Sebanyak 1.900 hektare areal hutan lindung dan konservasi di Batam dialokasikan kepada 400 pengembang tanpa persetujuan Menteri Kehutanan. Lebih dari 20.000 rumah dan ruko telah dibangun di atasnya. Tapi, pemilik tak bisa mengantongi sertifikat. Kemenhut menolak memberi restu alih fungsi.

Akad tanpa Sertifikat Editor: M. Nur email : majalah@batampos.co.id

EDISI 7, Minggu III maret 2013

Editor: YERMIA RIEZKY email : majalah@batampos.co.id

fokus

6

p e r i s t i w a

Hutan lindung Baloi yang telah dialihfungsikan.

(foto: yusuf hidayat)

S

emak dan ilalang tumbuh lebat menutupi Batam Utama, anak perusahaan Jababa Group, mesebidang lahan di wilayah Mukakuning, masukkan kompleks itu dalam promosi Perumahan Villa Batuaji. Terik matahari Selasa pekan lalu, baMukakuning. gai terpantul di tanah kosong seluas lima kali Strategi itu membuahkan hasil. Warga berbondonglapangan sepakbola itu. bondong membeli rumah di kawasan itu. Selain janji Di bagian depan lahan yang bakal dibangun kawasan terpadu, daya tarik menghadap jalan utama, gerlain Villa Mukakuning adalah, lokasinya bang bergaya Eropa Timur yang dekat dengan jalan utama yang terlihat kumuh, tak teramenghubungkan Batuaji-Batam CenSebelum Juli 2006, bank wat. Lumut menempel tre. masih menerima pengadi tiga bangunan mirip “Tinggal di sini dekat dari manajuan KPR dengan jamimenara penjaga itu. mana, mau ke Batam Centre, Sagunan penunjukan lokasi Catnya memudar dan lung, Sekupang. Kalau mau ke Jodoh (PL) yang didapat terkelupas. Tak ada petujuga angkutan. Mudah,� kata Arniati. gas yang duduk berjaga Wanita ini telah menghuni rumah di dari Otorita Batam. di gerbang tersebut. PaBlok B Villa Mukakuning sejak 2004 lang besi tampak terpasang silam. Ia tertarik dengan fasilitas yang menutupi jalan masuk. ditawarkan pengembang. “Katanya di sini Hanya saja, portal itu tak bisa ada pasar.� mencegah warga untuk masuk ke lahan Di tahun itu, Pasar Aviari belum lama dibangun. yang letaknya tepat di samping Perumahan Berkembangnya pasar baru ini turut menarik minat Villa Mukakuning. Di salah satu pojok lahan, masyarakat menyasar perumahan-perumahan anyar di warga membuka usaha pemancingan. wilayah Batuaji dan Sagulung. Selain Villa Mukakuning, Awal dekade lalu, lahan itu rencananya perumahan lain yang sedang dibangun adalah Perumaakan dibangun kompleks terpadu berupa han Genta I. pasar, fasilitas olahraga, dan rumah susun. Saat perumahan semakin laku, warga mulai memperPengembang kawasan itu, PT Wanabhakti tanyakan sertifikat milik mereka. Khusus yang memba-

EDISI 7, Minggu III maret 2013

fokus

7

p e r i s t i w a

yar kontan, seharusnya sudah memegang sertifikat. Keresahan itupun menular pada warga yang membeli rumah dengan cara kredit (KPR). Seperti proses KPR pada umumnya, warga mengira yang dijaminkan pengembang adalah sertifikat lahan yang sudah dipecah per persil berdasarkan nama pemilik. Namun, tiap kali ditagih, pengembang tak memberikannya, berkelit dengan aneka alasan. Tak hanya meresahkan, kondisi itu juga merugikan pemilik rumah. “Jika sertifikat di tangan, warga bisa mengagunkannya untuk mendapat dana renovasi rumah atau mengembangkan usaha,” kata Muhammad Nur, warga Villa Mukakuning. Nur menjelaskan, sekitar pertengahan 2006 warga warga mulai mencium ketidakberesan dalam akad jual beli antara mereka dengan pengembang. Alasan yang dikemukakan pengembang adalah lokasi Villa Mukakuning ternyata masuk dalam area hutan lindung. “BTN (Bank Tabungan Negara) tidak mau memberikan KPR untuk rumah yang transaksinya berlangsung setelah Juli 2006. Alasannya, BPN (Badan Pertanahan Nasional) tidak mau mengeluarkan sertifikat karena status perumahan yang berada di atas lahan hutan lindung,” kata Nur. Sebelum Juli 2006, BTN masih menerima pengajuan KPR dengan jaminan penunjukan lokasi (PL) yang dida-

pat dari Otorita Batam. Namun, setelah terbitnya surat Kementerian Kehutanan yang menetapkan status “bermasalah” bagi lahan perumahan di atas hutan lindung, membuat BPN tak berdaya menerbitkan sertifikat. Karena itu, BTN pun tak dapat mengeluarkan KPR bagi konsumen. Akibatnya, banyak rumah yang telah dibangun tak bisa ditempati karena BTN tak kunjung mengucurkan dana KPR ke pengembang. Konsumen yang telah membayar uang muka sebesar Rp25 juta tak bisa menempati rumahnya. Setelah Juli 2006, bank Sebagian penghuni yang menolak memberi KPR tak sabar memilih menjebol karena BPN tidak mau menrumah. Yang lain akhirnya geluarkan sertifikat perumenjual rumah kepada mahan yang berada di atas orang lain dengan harga lahan hutan lindung. yang lebih murah dari uang muka yang mereka bayarkan. Belakangan, warga mendapat informasi dari OB bahwa perumahan mereka tidak masuk dalam kawasan hutan lindung. Peta Rencana Pemanfaatan Ruang Kota Batam maupun Peta Batas Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Mukakuning menggambarkan posisi (TWA) Mukakuning dan Villa Mukakuning dipisahkan jalan utama. Namun setelah itu, sertifikat tetap tak kunjung

Dam Baloi EDISI 7, Minggu III maret 2013

(foto: yusuf hidayat)

8

fokus p e r i s t i w a

Dam Duriangkang (kiri) yang masuk hutan lindung. (foto: yusuf hidayat)

turun. Jetlin mengungkapkan, ia bersemangat mengembangUsut punya usut, ternyata pengembang belum mengukan perumahan tahap kedua, setelah tahap pertama rus sertifikat induk ke BPN, apalagi sertifikat yang sudah sukses. Tahap dua ini luasnya 5,3 hektare. Rumah sudah dipecah berdasarkan kaveling. Terlambatnya pengurusan selesai dibangun, namun tidak bisa KPR. “Benar-benar sertifikat disebabkan dana konsumen Villa Mukakuning menggangu cash flow kami. Konsumen kami juga menjadi dirugikan karena belum bisa KPR,” ungkap Jetlin. digunakan untuk investasi superblok Imperium di Baloi. Ia menyebut, ketika lahan tersebut dialokasikan Warga Villa Mukakuning akhirnya mendemo BP ke perusahaanya, semua persyarakat telah kantor PT Wanabhakti Batam Utama, BTN dipenuhi. Mulai dari pembayaran uang dan DPRD Batam pada Juni 2009. “Kami wajib tahunan otorita (UWTO) yang merasa ditipu pengembang,” kata Kami tidak tahu kalau lahan nilainya miliaran rupiah, hingga penNur yang memimpin aksi tersebut. yang dialokasikan BP Batam gurusan izin-izin lainnya yang juga “Fasilitas GOR dan Pasar tidak satu biayanya ratusan juta. Termasuk izin pun yang dibangun.” hutan lindung. Kami baru mendirikan bangunan (IMB). Unjuk rasa itu membuahkan tahu ketika konsumen kami “Setelah semua persyarakat kami hasil. Mulai 2010, sertifikat warga mau KPR ditolak bank dan penuhi dan membayar semua kediterbitkan, meski belum semua. sertifikat tidak mau dikeluwajiban, kami membangun. Namun Persoalan lebih pelik dihadapi oleh arkan BPN. tidak bisa KPR, sertifikat tidak keluar. konsumen dan beberapa pengembang Kami jadi sasaran kemarahan konsumen,” perumahan di Bengkong. Khususnya di beber Jetlin. Ia enggan menyebutkan nama kawasan hutan lindung Batuampar I, II, dan perusahaannya karena menjaga perasaan konIII. Ada yang sudah KPR dan lunas namun sertisumennya. fikatnya belum keluar. Bahkan ada yang tidak bisa KPR Jetlin menilai, jika memang kawasan tersebut hutan karena bank menolak dengan alasan lahan yang ditemlindung, BP seharusnya memberitahukan dari awal. “Tapi pati rumah-rumah tersebut hutan lindung Batuampar sudah terlanjur, sekarang BP harus benar-benar mencariyang belum beralih fungsi. kan jalan keluar secepat mungkin,” katanya. “Kami tidak tahu kalau lahan yang dialokasikan BP Ia menyebut, kebutuhan rumah di Bengkong sangat Batam ke perusahaan kami hutan lindung. Kami baru tinggi. Tapi tidak jelasnya penyelesaian alih fungsi hutan tahu ketika konsumen kami mau KPR ditolak bank dan lindung di kawasan ini, membuat pengembang kelimsertifikat tidak mau dikeluarkan BPN,” kata Jetlin, salah pungan. satu pengembang di Bengkong, Sabtu pekan lalu ke“Kami mau solusi karena izin-izin yang kami urus pada Batam Pos, saat bertemu dengan Ketua REI Khusus semua lengkap. Izin-izin itu tidak gratis. Setiap izin pakai Batam Djaja Roeslim.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

9

fokus p e r i s t i w a

Pemukiman liar di Dam Baloi.

(foto: yusuf hidayat)

uang, setiap tandatangan pakai uang,” ungkap Jetlin. Ia juga mengaku hampir tiap hari dikomplain konsumennya. Meski pihaknya telah menjelaskan kalau masih menunggu SK Menhut, namun konsumen tidak mau tahu. “Kami maklum kalau konsumen marah. Tapi dalam kondisi ini, kami pengembang juga dirugikan,” beber Jetlin. *** Persoalan yang dihadapi warga Perumahan Villa Mukakuning dan Bengkong, hanya dua dari sekian banyak masalah terkait lahan dan sertifikat bagi puluhan ribu rumah, ruko, dan bangunan lainnya di Kota Batam. Tepat di seberang jalan Perumahan Villa Mukakuning, terhampar puluhan ribu rumah dan bangunan seperti kantor lurah, sekolah, tempat ibadah, klinik, rumah sakit (RSUD), taman makam pahlawan, SPBU dan lainnya yang menempati hutan taman wisata alam (TWA) Mukakuning. Kawasan TWA itu sejatinya tidak boleh dialihfungsikan karena statusnya sebagai hutan konservasi yang dilindungi UU Nomor 5 Tahun 1990 jo UU 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Ada ancaman pidana 10-15 tahun atau denda maksimal Rp5 miliar jika melanggar. Kecuali sudah mengantongi SK rekomendasi alih fungsi dari Kementerian Kehutanan. Kepala Seksi Konservasi Balai Besar Konservasi Sum-

EDISI 7, Minggu III maret 2013

ber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Nur Patria, yang wilayah kerjanya di Provisni Kepri, mencatat sudah sekitar 1.000 hektare TWA Mukakuning yang dialokasikan oleh BP Batam. Bahkan telah dibangun perumahan, ruko, sekolah, tempat ibadah, SPBU dan lainnya. Dari luas 2.065,62 hektare, saat ini hanya tersisa 900 hektare yang masih utuh. Lainnya sudah dialokasikan ke pengembang, meski proses alihfungsi TWA menjadi kawasan komersil belum selesai di Kementerian Kehutanan. Mengubah status TWA menjadi hutan produksi konversi (bisa dialokasikan) tidak bisa serta merta. Patria menyebutkan, tahapannya harus diawali penurunan status dari hutan konservasi menjadi hutan lindung, lalu hutan produksi yang bisa dikonversi. “TWA itu kan hutan konservasi. Statusnya lebih tinggi dari hutan lindung. Jadi kalau mau dialokasikan harus melalui tahapan itu. Juga harus melalui mekanisme pembahasan di DPR RI, tidak bisa hanya DPRD Provinsi dan Menhut saja,” kata Patria, Rabu pekan lalu. Berbeda dengan hutan lindung yang pembahasannya relatif mudah, cukup di DPRD Provinsi. Hasil pembahasan itu dibawa ke Kemenhut untuk diturunkan statusnya menjadi hutan produksi yang bisa dikonversi. Menhut akan menerbitkan SK jika sudah memenuhi syarat, termasuk ketersediaan hutan pengganti.

10

fokus p e r i s t i w a

“Saya juga heran, kenapa BP Batam berani mengaBanyak warga yang sudah lunas kredit kepemilikan lokasikan ke pengembang, padahal mereka tahu statusrumah (KPR)-nya namun hingga saat ini belum juga nya masih TWA. Ini pelanggaran yang nyata,” kata Patria. mengantongi sertifikat. BPN menolak mengeluarkan Ahli hutan mangrove ini bahkan membuka Peta Tata sertifikat dengan alasan rumah dan ruko tersebut berada Batas Kawasan Hutan Taman Wisata Mukakuning. Peta di kawasan hutan lindung dan kawasan hutan wisata. yang menunjukkan luas wilayah Taman Wisata Mu“Awalnya ada sekitar 52.000 rumah, namun separuhkakuning itu mencapai 2.065,65 hektare. Peta itu disetunya telah memiliki sertifikat. Sempat tak bisa diagunkan, jui pada 24 Agustus 1990. Sementara SK penetapan TWA namun setelah warga dan pengembang protes, akhirnya dikeluarkan dua tahun kemudian (1992) dengan nomor dinyatakan sah dan bisa diagunkan,” kata Cahya. 427/Kpts-II/1992 tertanggal 5 Mei 1992. Sebagai pengembang, Cahya menilai kasus ini tidak Di peta itu, ada enam pejabat BP Batam (dulu OB) hanya membuat pengembang dan warga merugi, tapi yang membubuhkan persetujuan. Yakni Mustofa Widjaja juga menimbulkan preseden buruk bagi Batam di mata yang saat itu masih menjabat sebagai Direktur Perencainvestor. Menurut Cahya, banyak investor yang akan menaan OB; Azhar Hamid yang saat itu menjabat Kasubdit nanamkan modalnya di Batam, namun terbentur status Pertanian dan Kehutanan Direktorat Kehutanan OB; lahan yang terbatas karena lahan yang ada statusnya Slamet Efendi yang menjabat Kasubdit Air Minum OB; hutan lindung atau hutan TWA. Donal Panjaitan sebagai Kasubdit Perencanaan Program Evaluasi Pembangunan dan Pengelolaan Data “Kalau rugi itu sudah pasti. Harusnya OB; dan Pungky Priambodo yang saat itu pengembang sudah membangun menjadi menjabat sebagai Kasubdit Perencanaan tidak bisa karena terhambat status lahan Tata Bangunan dan Tata Guna Tanah itu tadi,” kata bos PT Arsikon ini. Kenapa BP Batam berani OB. *** mengalokasikan “Jadi saya tak yakin kalau BP Persoalan sertifikat di Batam mulai ke pengembang, padahal Batam, khususnya bagian lahan tak muncul pada 2004 silam. Itu sebabmereka tahu statusnya tahu kalau yang mereka keluarkan nya pada tahun itu juga dibentuk masih Taman Wisata Alam. PL-nya atau yang mereka alokasikan Tim Padu Serasi yang terdiri dari Ini pelanggaran yang nyata. itu kawasan TWA,” kata Patria. “PL di perwakilan OB, Pemko Batam, Peatas hutan lindung dan TWA itu tidak merintah Provinsi Kepri, LIPI, akadesah, sebelum ada izin dari Menhut.” misi, BPN, dan Kementerian Lingkungan Keberadaan TWA Mukakuning itu juga Hidup. Tim ini telah melakukan pengecekan masih tertera di pasal 60 ayat 3 Peraturan dan melakukan survei ke lokasi yang ditunjuk Presiden (Perpres) terbaru, Nomor 87 Tahun 2011 tensebagai lahan pengganti hutan lindung tersebut. tang Rencana Tata Ruang Kawasan Batam, Bintan, dan Namun persoalan ini terus menggelinding di 2006. karimun. “Jadi walaupun Perpres beberapa kali berubahSaat itu, ribuan warga Batam, khususnya warga Batuubah, tetap saja keberadan TWA Mukakuning itu diakui,” aji dan sekitarnya dari berbagai perumahan menggelar tegas Patria. unjuk rasa karena sertifikat yang mereka kantongi tidak Dari puluhan ribu bangunan di atas kawasan TWA itu, bisa diangunkan ke bank. Puncaknya saat Komisi Pemmemang tak sedikit yang sudah mengantongi sertifikat. berantasan Korupsi (KPK) menyelidiki dugaan gratifikasi Sesuai kesepakatan BP Batam, Pemko Batam, BPN dan alihfungsi hutan lindung Baloi. Polres pada 19 November 2009, yang sudah menganMeski KPK hanya menyelidiki dugaan gratifikasi, tongi sertifikat sebelum Juli 2006, tetap dinyatakan sah. namun sejak saat itu persoalan lahan terus terbongkar. Namun setelah Juli 2006, sertifikat tidak bisa lagi keluar Ternyata banyak kawasan hutan lindung dan TWA yang sebelum ada SK alihfungsi kawasan TWA itu menjadi sudah dialokasikan ke pengembang, tanpa persetujuan lahan komersil dan pemukiman dari Kementerian Kehudari Kementerian Kehutanan. tanan. “Saya juga sempat dimintai keterangan oleh tim dari Ketua Tim Alih Fungsi Hutan dari kalangan pengusaha KPK, tapi saya jelaskan kami baru tahu kalau ada hutan di Batam, Cahya, mencatat sedikitnya ada 20.000 banlindung dan hutan TWA,” kata Muhammad Thamzil, gunan masih belum memiliki sertifikat karena berada di Kepala Bagian Tata Usaha sekaligus Humas BPN Batam, atas lahan hutan lindung maupun hutan TWA. Kamis pekan lalu di Sekupang. “Kalau lahannya saja, ada sekitar 1.900 hektare, masih BPN sendiri sempat dibingungkan dengan perbedaan banyak yang belum dibangun,” kata Cahya, Senin pekan data dan peta yang dimiliki oleh Kementerian Kehutanan lalu. dengan BP Batam. Banyak di peta BP Batam disebutkan

EDISI 7, Minggu III maret 2013

11

fokus p e r i s t i w a

tidak masuk lagi kawasan hutan lindung dan kawasan Masalah ini terus menggelinding dan berlarut-larut. hutan konservasi, tapi di peta milik Kementerian KehuReal Estate Indoneia (REI) Batam dan Apindo sempat metanan ternyata masih berstatus hutan konservasi dan nyurati Menteri Kehutanan dan Presiden Susilo Bambang hutan lindung yang belum dialihfungsikan. Yudhoyono meminta agar kasus ini dituntaskan. “Acuan kami memang peta BP Batam, tapi selalu kami Baru pada 19 November 2009, BPN bersama BP Batam, cek kalau ada pengajuan pembuatan sertifikat, apakah di Pemko Batam, dan Polres Barelang bertemu hingga atas hutan lindung dan TWA atau bukan. Kalau bukan diperoleh kesepakatan bahwa sertifikat hak mikami proses, kalau iya kami tolak,� tegas Thamlik, hak guna bangunan, dan hak pakai yang zil. terlanjur diterbitkan BPN Kota Batam, Kementerian Kehutanan sendiri perbaik yang dimiliki perorangan mauSepanjang status alihfungnah menyurati BPN RI bahwa sedikitpun badan hukum, dinyatakan sah nya ada 52.000 bangunan yang sebagai alat pembuktian yang si hutan lindung belum berdiri di atas lahan hutan lindung kuat sebagaimana diatur dalam keluar dari Kementerian dan hutan konservasi. Kemenhut Undang-Undang Agraria Nomor 5 Kehutanan, BPN pun mengingatkan BPN untuk tidak Tahun 1960. tidak akan mengeluarkan mengeluarkan sertifikat. BPN Pusat BPN Batam juga bersedia melaksertifikat. kemudian mengkomunikasikan densanakan pelayanan-pelayanan pergan BPN Batam. tanahan berupa pemecahan sertifikat Tidak ingin terjerat kasus hukum, BPN induk, proses balik nama, hak tanggunBatam akhirnya mengeluarkan Surat Edaran gan atas sertifikat hak milik, hak guna banNomor 246/640/VIII/2006 tentang lahan-lahan gunan, hak pakai yang telah diterbitkan Kantor tempat berdirinya rumah warga yang merupakan hutan BPN Kota Batam. lindung pada 4 Agustus 2006. Sayang, luasan lahan dan Kesepakatan bersama ini diakui oleh Bank Indonesia, jumlah unit bangunan di atasnya, termasuk yang sudah sehingga tidak ada lagi bank yang menolak sertifikat pecah persil, tidak diingat lagi oleh Thamzil. rumah/ruko di atas hutan lindung dan hutan konservasi Surat edaran ini kemudian direspon beberapa persaat diagunkan. bankan di Batam. Mereka menolak sertifikat rumah dan Namun kesepakatan itu tidak lantas menyelesaikan ruko yang lahannya berstatus hutan lindung sebagai persoalan. Karena masih ada puluhan ribu rumah di atas jaminan saat pengajuan kredit. hutan lindung dan hutan konservasi yang sertifikatnya Penolakan itu sontak membuat warga dan pengusaha belum keluar. Khususnya yang dibangun di atas bulan properti marah. Bahkan Cahya yang mewakili pengusaha Juli 2006. sempat meminta kepala BPN Batam yang saat itu dijabat BP Batam, Pemko Batam, Polres dan BPN Batam juga Isman Hadi, membuat surat pernyataan bahwa sertifikat telah sepakat pemberian sertifikat baru ditunda sampai tanah dan bangunan di atas hutan lindung dan hutan keluar surat keputusan alih fungsi hutan lindung dan konservasi yang terlanjur dikeluarkan BPN dinyatakan hutan konservasi dari Kementerian Kehutanan. tidak sah. Tantangan ini ditolak BPN. “Ketentuan itu masih berlaku hingga saat ini. Tidak di-

Pembangunan di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Mukakuning. EDISI 7, Minggu III maret 2013

foto: M.noor Kanwa

12

fokus p e r i s t i w a

Kawasan Aviari dan sekitarnya adalah TWA Mukakuning.

foto: M.noor Kanwa

cabut, juga tidak ada kelonggaran,” kata Thamzil. “Sepanjang status alih fungsi hutan lindung belum keluar dari Kementerian Kehutanan, BPN tidak akan mengeluarkan sertifikat.” Tak hanya itu, sertifikat yang terlanjur keluar, jika masa berlakunya habis (setelah 30 tahun), perpanjangannya tidak akan dilayani jika status alih fungsi belum ada persetujuan dari Kementerian Kehutanan. “Contohnya Hotel Vista mau perpanjang sertifikat, kami tak bisa layani karena itu kawasan hutan lindung dan belum ada SK alihfungsinya dari Kemenhut,” tegas Thamzil. Banyak pengembang yang datang ke BPN meminta sertifikat mereka diterbitkan. Namun setelah dicek plot, yaitu pengecekan titik koordinat lahan mereka, ternyata masuk kawasan hutan lindung dan atau hutan wisata. “Langsung kami tolak. Kalau kami keluarkan sertifikatnya, kami melanggar. Dan pelanggaran itu ada ketentuan pidananya, kami bisa dipidana,” ujar Thamzil. Kondisi ini memang membelenggu pengusaha, BPN, dan warga. Namun Thamzil menilai, ini sebuah konsekuensi dari pengalihfungsian hutan lindung dan hutan taman wisata alam yang tidak diawali dengan meminta rekomendasi dari Kementerian Kehutanan. “Ya, kita hanya bisa menunggu persoalan ini selesai,” katanya. “Kalau tidak, sampai kapanpun kami tak bisa

EDISI 7, Minggu III maret 2013

mengeluarkan sertifikat kalau tidak ada SK pengalihfungsian dari Kemenhut, meskipun persyaratan lain dari BP lengkap.” *** Bagaimana hutan lindung dan hutan konservasi bisa dialokasikan ke pengembang, bahkan sudah dibangun perumahan dan ruko, padahal belum ada alih fungsi dari Kementerian Kehutanan? Sedikit melihat sejarah pengembangan Batam. Pada awalnya, Batam hanya salah satu dari 329 pulau dalam gugusan Kepulauan Riau yang terletak antara Selat Melaka dan Singapura. Catatan sejarah Batam ini tertuang dalam Traktat London yang mengatur pembagian wilayah kekuasaan antara Belanda dan Inggris. Namun, menurut para pesiar dari Cina, pulau ini sudah dihuni sejak 231 masehi ketika Singapura masih disebut Pulau Ujung. Karena letaknya yang sangat strategis, akhirnya Pulau Batam mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat. Meskipun saat itu Batam masih berupa hutan belantara. Pada tahun 1971 keluar Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 74 tentang Pengembangan Pembangunan Pulau Batam. Berdasarkan Keppres tersebut, Batam akhirnya dikembangkan sebagai basis logistik dan operasional untuk industri minyak dan gas bumi oleh Pertamina.

13 Kemudian pada tahun 1973, keluar Keppres Nomor 41 yang menetapkan Batam sebagai daerah industri yang pengelolaanya diserahkan ke lembaga pemerintah bernama Otorita Pengembangan Industri Pulau Batam atau lebih dikenal dengan Otorita Batam yang saat ini berganti nama menjadi Badan Pengusahaan Batam (BP Batam). OB kemudian membangun insfrastruktur moderen yang berstandar internasional serta berbagai fasilitas lainnya yang diharapkan mampu bersaing dengan kawasan serupa di Asia Pasifik. Berdasarkan Keppres 41 Tahun 1973 itu, OB diberi kewenangan luas dalam mengelola lahan di Batam. Saat itu, status lahan di Batam masih berupa areal peruntukan lain (APL). Jika dilihat di peta masih berwarna putih. Belum ada berwarna hijau atau hutan lindung dan hutan konservasi. Karena memiliki hak pengelolaan lahan (HPL) penuh, OB saat itu memiliki kewenangan merencanakan peruntukan dan penggunaan lahan, menggunakan lahan tersebut untuk kepentingan pelaksanaan tugas OB. Juga diperbolehkan menyerahkan bagian-bagian dari lahan tersebut kepada pihak ketiga sesuai dengan ketentuan di pasal 41, 42, dan 43 Undag-Undang Pokok Agraria Nomor 5 Tahun 1960. OB juga dibenarkan menerima pemasukan atau gati rugi dan uang wajib tahunan otorita (UWTO). Kewenangan HPL OB itu makin diperkuat dengan keluarnya SK Mendagri Nomor 34 Tahun 1977 tentang pengelolaan dan penggunaan tanah di daerah industri Pulau Batam. Mendagri yang saat itu dijabat Amir Machmud memutuskan seluruh areal tanah di Pulau Batam dan pulau-pulau lain di sekitarnya dikelola oleh OB. Termasuk menarik biaya administrasi dan ganti rugi dari pihak ketiga. Dua tahun kemudian posisi OB kembali diperkuat dengan keluarnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 1 Tahun 1975 tentang Pedoman Penetapan Uang Pemasukan, Uang Wajib Tahunan dan Biaya Administrasi atas Pemberian Hak-hak atas Tanah Negara.

fokus p e r i s t i w a

“Saat itu kewenangan OB memang sangat besar,” kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas, BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho, Rabu pekan lalu. Dengan kewenangan penuh itu, dalam waktu yang singkat, pembangunan di Batam Melesat. Investor dan pengusaha lokal terus berdatangan hingga permintaan lahan terus meningkat. Pencari kerja pun makin banyak sehingga mulai terjadi perambahan hutan untuk tempat tinggal atau lebih dikenal dengan rumah liar (Ruli). Khawatir perambahan terus menerus, OB akhirnya “menitipkan” sejumlah jalur hijau ke Kementrian Kehutanan mulai tahun 1980-an. Ada 12 titik berstatus hutan lindung dengan total luas 12 ribu hektare. Keduabelas titik itu; Batuampar I seluas 79 hektare, Batuampar II seluas 158,59 hektare, dan Batuampar III seluas 248,10 hektare (SK Menhut No 719/Kpts-II/1993) tertangal 29 April 1994; Hutan lindung Tanjungpiayu 189,76 hektare yang penetapannya sama dengan penetapan hutan lindung Batuampar I, II, dan III; Hutan lindung Duriangkang 6.075 hektare (SK Menhut RI No 202/ Kpts-II/1994) pada 29 April 1994; Hutan lindung Bukit Tiban 1.770 hektare (SK Menhut No 428/Kpts-II/1992) yang diteken pada 5 Mei 1992; Hutan lindung Nongsa I dan II masing-masing luasnya 308,40 hektar dan 142,95 hektare (SK Menhut No 202/Kpts-II/1994); Hutan lindung Bukit Dangas 128 hektare dan hutan lindung Sungai Harapan 738 hektare (SK Menhut No 428/Kpts-II/1992); Hutan lindung Sei Ladi 59 hektare; dan Hutan lindung Baloi seluas 119,6 hektare. Total luasnya lebih dari 12.000 hektare. Selain 12 titik hutan lindung, BP Batam juga “menitipkan” hutan Mukakuning sebagai kawasan Taman Wisata Alam (TWA) seluas 2.065,62 hektare. Menhut kemudian menetapkan TWA itu melalui SK No 427/Kpts.II/1992 pada 5 Mei 1992. Begitupun dengan kawasan hutan buru seluas 16 ribu hektare di Rempang Galang yang lebih awal ditetapkan statusnya melalui SK Menhut No 307/Kpts-II/1986 pada 29 September 1986.

Kawasan Tembesi yang juga masuk TWA Mukakuning. EDISI 7, Minggu III maret 2013

foto: M.noor Kanwa

14

fokus p e r i s t i w a

Papan peringatan larangan merusak Taman Wisata Alam Mukakuning.

foto: yermia riezky

Keputusan BP Batam menitipkan 12 kawasan hutan lindung dan dua kawasan hutan konservasi (TWA dan hutan buruh) membawa konsekwensi besar. Apalagi regulasi soal kehutanan sempat beberapa kali mengalami perubahan yang mau tidak mau harus diikuti oleh BP Batam. Apalagi seluruh hutan lindung dan hutan konservasi itu telah di SK-kan oleh Menhut. Konsekuensi paling besar, BP tak bisa lagi leluasa mengalokasikan lahan hutan lindung dan hutan konservasi itu kepada pengembang, tanpa persetujuan Kementerian Kehutanan. Tapi, faktanya BP mengabaikan Menhut dengan tetap mengalokasikan lahan tersebut ke pengembang. Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas, BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho, tak menafikan itu. “Ya, kekuasaan kami memang tak seluas dulu,” katanya. “Mestinya dari awal tak usah saja dititipkan kalau memang sudah tahu mau dialihfungsikan,” kata Nur Patria dari BBKSDA Riau. *** Membalikkan keadaan seperti semula memang tak mungkin lagi. Yang bisa dilakukan mencari penyelesaian.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

Cahya selaku wakil pengusaha tetap memiliki keyakinan persoalan ini akan selesai dalam tiga bulan ke depan. “Saya terus memonitor perkembangan kasus ini. Kabar terakhir sudah di Dirjen Kemenhut. Jadi pengembang dan warga tetaplah bersabar. Apalagi kajian dari Tim Padu Serasi sudah selesai,” kata Cahya. Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Pusat (DPP) REI, Mulia Pamadi juga optimis persoalan lahan di Batam selesai. “Kita sudah lama menanti penyelesaian persoalan ini,” kata mantan Ketua REI Khusus Batam ini, Kamis pekan lalu. Ia enggan berkomentar panjang soal kasus ini. Ia hanya berharap segera selesai. BP Batam sendiri menyebut upaya penyelesaian kasus lahan di hutan lindung dan hutan konservasi sudah sampai di DPR RI. “Kita tinggal menunggu pembahasannya di DPR RI,” kata Djoko. Namun BP belum bisa menjamin kapan selesainya pembahasan tersebut. Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Kepri, Jasarmen Purba juga optimis. Bahkan ia menyebut, tidak perlu lagi persoalan ini dibawa ke DPR RI karena sudah pernah dibahas. “Cukup di Menhut. Kalau Menhut mengeluarkan SK

15 alih fungsi hutan lindung dan kawasan konservasi itu mejadi hutan produksi yang bisa dikonversi, maka selesai,” katanya, Kamis pekan lalu. Senator yang juga memiliki bisnis properti di Batam ini mengaku awal Maret lalu bertemu dengan Deputi Menko Perekonmian, Lucky Eko di Jakarta. Pertemuan itu juga dihadiri mantan Direktur Pengelolaan Lahan (sekarang Biro Umum BP Batam) Agus Hartanto. Sedangkan dari Pemko Batam dihadiri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Wan Darussalam. Pada pertemuan itu, Lucky Eko menegaskan bahwa pihaknya mendukung percepatan alih fungsi hutan lindung dan hutan konservasi yang telah diajukan oleh Tim Padu Serasi ke Kementerian Kehutanan. Lucky juga berjanji akan secepatnya bertemu dengan Menteri Kehutanan untuk menyampaikan dorongan agar penyelesaian kasus hutan di Batam segera dituntaskan. “Tapi kami minta dilibatkan dalam pertemuan itu nanti supaya clear semua persoalan yang menjadi hambatan selama ini,” kata Jasarmen. Jasarmen sependapat dengan Cahya, bahwa kasus ini tidak hanya merugikan pengembang dan masyarakat konsumen, juga menjadi preseden buruk bagi Batam di mata investor. Sejatinya, dengan status Batam sebagai kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas (free trade zone/FTZ), tidak ada lagi hambatan soal alihfungsi hutan lindung dan hutan konservasi. Jika dikaji secara hukum, SK Menhut soal penetapan kawasan hutan konservasi dan hutan lindung, statusnya lebih rendah dari Keppres yang notabene dikeluarkan oleh Presiden. Apalagi Batam merupakan kawasan FTZ. “Daerah FTZ kan tidak boleh ada hambatan,” kata Jasarmen. Kepala Pusat Informasi (Kapusinfo) Kemenhut, Sumarto Suharno, menyatakan Kementerian Kehutanan tak bisa

fokus p e r i s t i w a

serta-merta melepas lahan yang berstatus kawasan lindung maupun konservasi yang sudah terlanjur ditempati ribuan warga Batam itu. Bahkan ia menegaskan, sangat kecil kemungkinan lahan hutan konservasi dilepaskan ke warga. “Kalau untuk yang di kawasan hutan lindung, memang masih ada kemungkinan untuk dilepaskan. Tapi kalau yang di kawasan konservasi, kemungkinanya kecil. Bahkan bisa dikatakan peluangnya tidak ada,” kata Sumarto saat dihubungi, Kamis, malam pekan lalu. Sumarto memaparkan, Kemenhut pada era MS Kaban memang pernah membentuk Tim Terpadu untuk menginventarisir persoalan lahan di Batam. Hasilnya pun sudah ada. Hanya saja, katanya, tidak seluruh lahan yang sudah terlanjur ditempati warga bisa dialihkan peruntukannya. “Acuan kita tetap UU Kehutanan,” tegasnya. Salah satu yang menjadi persoalan di Batam adalah belum adanya Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Kepri. Jika sudah ada Perda RTRW, kata Sumarto, maka alokasi lahan akan dikoordinasikan oleh Kemenhut dan DPR. lahan mana yang akan dilepas dan mana yang tetap dipertahankan. Menurutnya, status khusus Batam tidak mementahkan ketentuan UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. “Kalau lahan belum dilepas, atau malah berstatus konservasi tapi sudah ada kegiatan di atasnya termasuk bangunan, itu sudah pidana,” tegasnya. Sumarto menambahkan, tak tertutup kemungkinan Kemenhut menerjukan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) untuk mendalami dugaan pelanggaran UU Kehutanan di Batam. “Tapi kita akan koordinasikan terlebih dulu seperti apa kondisi dilapangan,” ujarnya. (antony)

Gerbang di samping perumahan Villa Panbil. EDISI 7, Minggu III maret 2013

foto: yermia riezky

fokus

16

p e r i s t i w a

Data Hutan Lindung di Batam Lokasi

Luas (hektare) SK Menhut

1. Batuampar I 79 SK Menhut No 719/Kpts-II/1993 2. Batuampar II 158,59 SK Menhut No 719/Kpts-II/1993 3. Batuampar III 248,10 SK Menhut No 719/Kpts-II/1993 4. Tanjungpiayu 189,76 SK Menhut No 719/Kpts-II/1993 5. Duriangkang 6.075 SK Menhut No 202/Kpts-II/1994 6. Bukit Tiban 1.770 SK Menhut No 428/Kpts-II/1992 7. Nongsa I 308,40 SK Menhut No 202/Kpts-II/1994 8. Nongsa II 142,95 SK Menhut No 202/Kpts-II/1994 9. Bukit Dangas 128 SK Menhut No 428/Kpts-II/1992 10.Sungai Harapan 738 SK Menhut No 428/Kpts-II/1992 11.Sei Ladi 59 SK Menhut No 428/Kpts-II/1992 12.Sei Tembesi 838,8* SK Menhut No 724/Kpts-II/2010 13.Baloi 119,6** ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------Keterangan: * Hutan lindung pengganti **Beralihfungsi jadi hutan produksi yang bisa dikonversi (SK Menhut No 725/Menhut-II/2010) pada 30 Desember 2010

Sumber: Dinas KP2K Kota Batam

Data Hutan Konservasi: 1. Taman Wisata Alam (TWA) 2. Hutan buruh Relang

2.065,62 Ha (SK Menhut No 427/Kpts.II/1992) 16.000 Ha (SK Menhut No 307/Kpts-II/1986) Sumber: BBKSDA Riau

EDISI 7, Minggu III maret 2013

fokus

17

p e r i s t i w a

TWA Mukakuning

Habis Digerogoti

Alih Fungsi Ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 427/Kpts-II/1992, Taman Wisata Alam (TWA) Mukakuning merupakan satu-satunya Taman Wisata Alam yang ada di bawah kontrol Balai Besar Konservasi Sumber daya Alam Riau. Kalau diukur oleh Sub Balai Inventarisasi dan Perpetaan Hutan Pekanbaru pada tahun 1986, luasnya mencapai 2.065,62 hektare.

P

wisata lain seperti hutan wisata Kaliurang yang eta Tata Batas Kawasan Hutan Wisata ada atraksi wisatanya, di TWA Mukakuning Mukakuning menunjukkan tidak ada sama sekali," kata Kepala Seksi wilayah hutan wisata itu Konservasi Balai Besar Konservasi membentang dari jembatan TWA Mukakuning yang Sumberdaya Alam Riau, Nur Patria. Waduk Seiladi ke belamasuk dalam kategori Lampiran Peratuan Menteri kang Perumahan Bukit Hutan Konservasi yang Kehutanan Nomor P49/MenhutIndah Sukajadi, belakang II/2011 tentang Rencana Kehutanan Kawasan Industri Pandimanfaatkan untuk Tingkat Nasional (RKTN) menyebil, Waduk Mukakuning, konservasi sumber daya butkan, TWA yang masuk dalam simpang arah Jembatan hutan. kategori Hutan Konservasi dimanBarelang, hingga simpang faatkan untuk konservasi sumberdaya Basecamp. hutan. Dalam pengelolaan hutan konserMeski namanya hutan Tavasi, tetap harus mempertimbangkan aspek man Wisata Alam, tidak ada atraksi wisata di dalamnya. "Tidak seperti hutan

DAM Mukakuning

EDISI 7, Minggu III maret 2013

foto: M.noor Kanwa

18

fokus p e r i s t i w a

DAM Mukakuning

foto: M.noor Kanwa

ekonomi, sosial dan aspek pemanfaatan, perlindungan dan pengawetan. Patria menyingkat fungsi pemanfaatan itu dalam tiga hal: fungsi lindung, fungsi keanekaragaman hayati, dan fungsi pemanfaatan. Sebagai hutan TWA, banyak keanekaragaman hayati yang bisa menjadi andalan TWA Mukakuning. Situs BBKSDA Riau menyebutkan sejumlah flora khas yang ada di kawasan itu adalah bintagur, tempoyam, nibung, kempsa, pasak bumi, balam, meranti, riang-riang, manggismanggisan, dan pelawan. Sedangkan fauna yang berkeliaran di kawasan itu adalah kera ekor panjang, babi hutan, kancil, napu, kijang, lutung, beruk, bajing, biawak, tiung, gagak, tekukut, raja udan, dan elang laut. BBKSDA Riau pun masih melakukan inventarisasi keanekaragaman hayati di dalam TWA Mukakuning. Sayang, maraknya pembangunan di dalam TWA Mukakuning membuat luasannya makin sempit. Saat ini, tinggal 930 hektar yang tersisa. Kondisi ini yang mendorong Patria untuk memanfaatkan potensi wisata ini agar kondisi hutan tetap terjaga. "Atraksi wisata, jika memberikan manfaat besar bagi masyarakat akan mendorong mereka untuk bertanggungjawab pada hutan," kata Patria. Dengan banyaknya potensi keanekaragaman hayati, wisata tracking salah satu rencana yang ada di benak Patria. Pengunjung bisa menikmati beberapa paket wisata mulai dari beberapa jam hingga harus menginap.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

Ia percaya, program seperti itu akan menarik wisatawan asing, khususnya dari Singapura. "Wisata di dalam TWA ini bisa digunakan Batam untuk menggaet wisatawan asal Singapura. Mereka tidak punya hutan, dan untuk mencari wisata hutan mereka memilih ke Malaysia." terang Patria. Selain TWA Mukakuning, sebenarnya ada lagi hutan taman buru di Rempang. Sesuai namanya, taman ini dikhususkan untuk berburu. Awalnya, seluruh Pulau Rempang tertutup oleh hutan. Hasil analisa citra satelit yang dilakukan BBKSDA menyebutkan luas kawasan hutan di pulau itu mencapai 15.640 hektare terdiri dari belukar muda, belukar tua, dan lahan terbuka. Kenyataan di lapangan memprihatinkan. Luas tutupan hutan yang tersisa tinggal sekitar 3.900 hektare. Hutan telah berubah menjadi kebun sayur dan buah-buahan. Alih fungsi hutan menjadi lahan produksi itu semakin menjadi setelah adanya jembatan yang menghubungkan Pulau Batam, Rempang, dan Galang, dan diikuti jalan raya yang lebar lagi mulus membelah Pulau Rempang. "Tak tahu bagaimana lagi kondisi hewan buruannya," kata Patria. Berbeda dengan TWA Mukakuning yang sudah ditetapkan pada tahun 1992, Taman Buru Rempang baru sampai pada tahap penunjukan. Padahal, penunjukan taman buru bersamaan dengan TWA Mukakuning pada 1986 lalu. (yermia riezky)

fokus

1919

p e r i s t i w a

Dam Baloi yang akan jadi pusat bisnis.

(foto: yusuf hidayat)

Dam Baloi

Hutan Lindung

Jadi Pusat Bisnis Dari 12 kawasan hutan lindung di Batam, baru hutan lindung Baloi yang resmi beralih fungsi menjadi hutan produksi yang bisa dikonversi menjadi pusat bisnis atau peruntukan yang lain.

P

EDISI 7, Minggu III maret 2013

erjuangan untuk alih fungsi hutan seluas 119 hektare dari status hutan lindung ke hutan produksi sempat diwarnai dugaan gratifikasi. Dugaan ini wajar, karena kawasan ini belum ada bangunan resmi, namun bisa cepat dialihfungsikan. Berbeda dengan puluhan ribu bangunan yang menempati kawasan hutan taman wisata alam (TWA) Mukakuning, Batuampar I, II, dan III, serta hutan lindung lainnya. Hingga saat ini belum turun SK pengalihfungsian dari Kementerian Kehutanan.

Berangkat dari dugaan gratifikasi itu, tim penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2008 turun ke Batam. Beberapa pejabat terkait di BP Batam dan Pemko Batam dimintai keterangan di Mapolres Barelang. Juga beberapa pengusaha kelas kakap yang menguasai lahan tersebut. Meski kasus dugaan gratifikasi alih fugsi hutan Baloi ini belum ditutup KPK, namun hingga saat ini belum ada tindaklanjut. Bahkan, pada 30 Desember 2010 lalu, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengeluarkan SK No 725/Menhut-II/2010 tentang alih fungsi hutan Baloi. SK tersebut diserahkan langsung Zulkifli kepada Wali Kota

fokus

20 Batam Ahmad Dahlan. Pada saat bersamaan, Menhut juga menyerahkan SK No 724/Menhut-II/2010 tentang Penetapan Kawasan Hutan Lindung Sei Tembesi Seluas 838,8 hektare. SK tersebut diserahkan langsung Zulkifli kepada Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Mustofa Widjaja. Menhut mengeluarkan SK tersebut setelah tim terpadu yang dipimpin Profesor Sukoco dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan Profesor Tukirin dari LIPI selesai melakukan kajian mendalam. Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas, BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho mengatakan, kawasan Dam Baloi ini akan menjadi salah satu pusat bisnis. Di kawasan ini akan dibangun mall, apartemen dan berbagai fasilitas penunjang lainnya. "Tapi Dam-nya tetap dipertahankan sebagai daerah resapan air," katanya, pekan lalu. "Hutannya akan disisakan sekitar 30 persen." *** Meski telah dialihfungsikan sejak dua tahun lalu, namun kawasan ini belum juga dibangun. Pengembang properti Cahya mengatakan, pembangunan kawasan tersebut masih terkendala banyaknya pemukiman liar (ruli) di kawasan tersebut. "Sedikitnya ada 4.000 kepala keluarga di sana. Tidak mudah memindahkan mereka," katanya, Senin pekan lalu. Ketua Apindo Kepri ini meminta BP Batam tetap mengalokasikan lahan pengganti untuk merelokasi warga yang bermukim di wilayah Dam Baloi. Para pengusaha yang memiliki lahan bersedia membantu. Sementara Pemko Batam harus mau menyediakan sarana dan prasarana di tempat relokasi. Solusi yang ditawarkan developer adalah membangun rumah sangat sederhana (RSS) di tempat relokasi. Para pengusaha yang memiliki lahan di Dam Baloi bisa membantu subsidi uang muka RSS tersebut. "Kalah harga jualnya Rp40 juta, pengusaha bisa subsidi Rp10 juta, jadi sisa Rp30 juta untuk KPR. Paling tinggi angsurannya Rp300 ribu hingga Rp400 ribu per bulan. Ini ringan," kata Cahya. Bos Arsikon ini juga berharap, penyelesaian kasus alihfungsi hutan lindung dan hutan konservasi yang terlanjur telah dialokasikan dan ditempati warga bisa selesai secepatnya. Khusus untuk kawasan yang belum ada bangunannya, namun ada ruli-nya, maka penyelesaiannya harus berbarengan. "Jika tidak, nasibnya akan sama dengan Dam Baloi yang sudah dua tahun beralih fungsi namun belum bisa dibangun," kata Cahya. Sementara itu, Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam mencatat, kondisi huEDISI 7, Minggu III maret 2013

p e r i s t i w a

Dam Baloi foto: yusuf hidayat

tan lindung di Batam memprihatinkan. Rata-rata rusak akibat pengalokasian oleh BP Batam kepada sejumlah pengembang. "Tapi kami tidak tahu, berapa luas lahan hutan lindung yang terlanjur ditempati atau dialokasikan ke pihak ketiga yang diakomodir Tim Padu Serasi," kata Kepala Seksi Bina Usaha Dinas KP2K Doran, Kamis pekan lalu di Sekupang. Meski memiliki kewenangan pengawasan hutan lindung, Dinas KP2K mengaku tidak memiliki kewenangan melarang BP Batam untuk mengalokasikan lahan di atas hutan lindung dan hutan koservasi. "Yang pasti, selain hutan lindung Baloi, belum ada SK dari Menhut pengalihfungsian hutan lindung lainnya. Jadi statusnya masih Kawasan hutan lindung," kata Doran. (muhammad nur)

fokus

21

p e r i s t i w a

Djaja Roeslim Ketua DPD REI Khusus Batam

Menteri Kehutanan

Hanya Berjanji Proses alihfungsi hutan lindung dan hutan taman wisata alam (TWA) di Batam menjadi hutan produksi yang bisa dikonversi menjadi kawasan pemukiman, bisnis, dan peruntukan lain, tak kunjung selesai. Padahal upaya alihfungsi telah bergulir sejak 2004 hingga saat ini.

A

pa yang dilakukan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Khusus Batam? Berikut petikan wawacara Muhammad Nur dengan Ketua REI Khusus Batam Djaja Roeslim, Sabtu pekan lalu: Apindo Kepri mencatat, ada 1.900 hektare lahan di Batam yang sudah dialokasikan kepada 400 pengembang tersandung status hutan lindung yang belum dialihfungsikan. Catatan REI berapa luas? Luasannya sekitar itu (1.900 hektare). Ada yang sudah dibangun perumahan, ruko atau bangunan lainnya, ada juga yang belum dibangun. Yang sudah dibangun lebih dari 20 ribu rumah yang sertifikatnya belum keluar. Ada juga yang sertifikatnya keluar, tapi tidak bisa diagunkan.

Paling banyak di kawasan mana? Kawasan Mukakuning utara (Taman Wisata Alam Mukakuning). Kurang lebih 1.000 hektare dan bangunan yang terlanjur telah dibangun sekitar 20 ribu unit. Belum termasuk Batumpar I, II, dan III. Di empat kawasan itulah yang paling banyak. Persoalan ini sudah lama bergulir, apa upaya REI Khusus Batam? Kita sudah melakukan berbagai upaya agar proses alihfungsi hutan lindung ini cepat selesai, namun hingga saat ini tak selesai-selesai juga. Semua baru sebatas janji. Selalu dijanjikan Desember, tapi ta-

EDISI 7, Minggu III maret 2013

hunnya kapan itu yang tak pasti. Desember yang tak ada tahunnya.

Upaya konkrit REI seperti apa? Kami sudah mengkomunikasikan hal ini dengan REI pusat, Pemprov Kepri, DPRD RI, BP Batam, Pemko Batam, dan Kementerian Kehutanan. Bukan hanya kami, teman-

22 teman dari Apindo Batam, Kadin Kepri, Pembina kami Jasarmen Purba (anggota DPD RI asal Kepri) juga sudah membantu memperjuangkan ke pusat, namun belum selesai juga. Tak hanya itu, dari 2004 telah dibentuk tim padu serasi dari Kemenhut, BP Batam, Pemko Batam, Pemprov Kepri, akademisi, BPN, LIPI, dan elemen lainnya. Tim awalnya dipimpin Profesor Sukoco dari UGM, lalu Profesor Tukirin dari LIPI. Kajian mereka sudah rampung yang intinya lahan yang telah terlanjur dialokasikan BP Batam ke pengembang diakomodir dalam usulan untuk dialihfungsikan, namun belum juga turun persetujuan dari Kemenhut. Baru hutan lindung Baloi seluas 199 hektare dengan hutan pengganti di Tembesi seluas 838 hektare yang sudah keluar rekomendasinya. Padahal, khusus Batam sudah disepakati dipisah dari kajian daerah lainnya di Kepri. Dengan kata lain, Batam jadi prioritas.

Apa masalahnya Menhut belum mengeluarkan rekomendasi, padahal kajian tim padu serasi telah rampung? Inilah yang kami pertanyakan. Ada apa dengan Menhut, kenapa persoalan yang menyangkut kepentingan publik ini tak kunjung diselesaikan. Bukan hanya kami

EDISI 7, Minggu III maret 2013

fokus p e r i s t i w a

pengembang yang dirugikan, tapi hak publik mendapatkan tempat tinggal yang legal juga menjadi terabaikan. Karena sepanjang alihfungsi hutan lindung tak selesai, maka sertifikat tidak akan bisa keluar. Kalau begini terus tidak ada kepastian hukum, Mau jadi apa negara ini kalau tidak ada kepastian hukum. Sesungguhnya kami pengembang dan masyarakat pembelihanya korban kebijakan. Kami tidak tahu lahan yang dialokasikan BP ke kami adalah hutan lindung. Kami baru tahu setelah sertifikat konsumennya ditolak bank dan BPN menolak mengeluarkan sertifikat.

Bukankah Menhut menjanjikan Agustus 2012 lalu? Janjinya begitu. Bahkan terakhir Desember 2012, tapi sekarang sudah Maret 2013 tak diteken juga. Dari dulu begitu, dari zaman MS Ka'ban sebagai Menhut. Selalu hanya janji. Saat bertemu mereka pun selalu dibilang sebentar lagi selesai, tapi tak juga selesai. Kami hanya bisa menunggu dan berharap BP Batam, Pemprov Kepri dan para wakil kita di DPR RI terus membantu. Karena ini bukan hanya kepentingan pengembang, tapi ini kepentingan masyarakat banyak. Kami berharap secepatnya selesai karena sebentar lagi pemilu, rezim akan berganti dan kita khawatir kebijakan berubah lagi. ***

23

fokus p e r i s t i w a

ilustrasi : Tonny Richardo EDISI 7, Minggu III maret 2013

karikata

24

-Andy F Noya-

“Saya lebih baik jadi kambing, tapi kepala, Daripada jadi naga, tapi cuma ekornya.”

-Ayu Utami-

“Tiap orang punya cara menghibur diri, termasuk dengan merendahkan orang lain. Mungkin agar diri dia tampak tinggi.”

-Goenawan Mohamad-

“Kita terlalu peduli soal bungkus. Janganjangan karena kita ini hampa, tak punya sesuatu sebagai isi.” EDISI 7, Minggu III maret 2013

-Tiffany (SNSD)-

“Semuanya akan baik selama Anda melakukan yang terbaik. Karena jika Anda melakukannya, tidak akan ada penyesalan.”

25

Gunung Harta

Jenderal Djoko

H

arta Irjen Djoko Susilo, tersangka tindak pidana pencucian uang terkait kasus korupsi pengadaan alat simulator mengemudi, ditaksir lebih dari Rp100 miliar. "Pemetaan KPK, asetnya lebih karena saat ini belum semuanya disita," kata juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi.

Beberapa harta Djoko yang disita KPK, termasuk dari istri kedua dan ketiganya, antara lain. 1. Rumah mewah berlantai dua di Jalan Cendrawasih, Tanjung Mas, Jakarta Selatan. Rumah itu diketahui atas nama Mahdiana, istri Djoko yang dinikahi pada 2001. 2. Rumah di blok C, perumahan yang sama, juga sudah disita KPK. 3. Salon Cla di Jalan Margasatwa, Jakarta Selatan, milik Mahdiana, istri kedua Djoko Susilo. 4. Rumah mewah dua lantai di kawasan elite Jalan Prapanca, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 5. Rumah mewah, gudang, dan tanah seluas 1.000 meter di kawasan Jalan Durian Raya, Jagakarsa. 6. Rumah mewah di Leuwinanggung No. 69 RT 1 RW 8 Leuwinanggung, Tapos, Depok, Jawa Barat. 7. Rumah mewah berlantai dua di Jalan Elang Mas, Blok C3, Jagakarsa, Tanjung Duren, Jakarta Selatan. 8. Rumah di Perumahan Pesona Khayangan Mungil, Blok E1 Jalan M Yusuf Mekarjaya, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. 9. Rumah mewah di Jalan Cikajang No 18, Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 10. Rumah mewah di perumahan elite Klaster Golf Residence Blok C/No 12 Graha Candi Golf, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. 11. Rumah mewah di Jalan Perintis Kemerdekaan No 70, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo. 12. Rumah kuno di Jalan Langenastran No 7 Kelurahan Patean, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. 13. Rumah mewah di Jalan Sam Ratulangi No 16, Kampung Gremet Manahan, Solo. 14. Rumah mewah di Jalan Patehan Lor No 34 dan 36 Kecamatan Kraton Yogyakarta. 15. Rumah lainnya terletak persis di sebelah barat rumah kuno, hanya terpisah gang sempit yang merupakan jalan warga Kampung Taman, Solo. 16. Tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di kawasan Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara, di Jalan Raya Ciawi, Bogor; dan di Jalan Arteri Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah. EDISI 7, Minggu III maret 2013

sekilas peristiwa

26

sekilas peristiwa

Amuk Jago Merah di Pabrik Limbah

S

ebanyak 1.800 ton limbah oli siap olah dan 200 ton minyak jadi jenis Marine Fuel Oil (MFO) milik PT Mega Green Teknologi, di Nongsa, Rabu (13/3), terbakar. Sumber api diduga dari arus pendek listrik. Kerugian perusahaan diperkirakan mencapai Rp20 miliar. Direktur PT Mega Green Teknologi, David Tantri, membantah kebakaran akibat puntung rokok. "Ini murni karena ada korsleting. Tak ada yang boleh merokok di sana. Karena kawasan itu steril dari rokok," kata David. Ia juga membantah dugaan ada faktor kesengajaan. "Kami tak pernah menginginkan terjadinya kebakaran. Perusahaan baru mulai berkembang sekitar empat bulan yang lalu. Hingga terjadinya kebakaran, kami masih akan melakukan pembangunan. Namun sayang, hal itu terpaksa tertunda karena kebakaran menghanguskan gedung utama perusahaan.Ini semua adalah musibah. Kita tak pernah mengharapkan ini terjadi," terang David.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

Amuk Jago Merah di Pabrik Limbah - Pukul 08.55, api mulai terlihat dari dalam area PT Mega Green Teknologi. - Pukul 09.00, ledakan keras mirip bom terdengar dari lokasi kebakaran. Petugas pemadam kebakaran mulai datang. - Pukul 11.30, kembali terdengar ledakan yang disusul dengan semburan api. Ledakan disertai api itu sempat membuat warga sekitar yang menyaksikan kebakaran berhamburan menjauh. - Pukul 12.15, warga kembali berhamburan. Petugas pemadam kebakaran tampak menyiram tiga tangki milik perusahaan yang belum terbakar. Di dalam tiga tangki itu terdapat minyak ribuan ton MFO yang sudah jadi. - Pukul 17.00, api mulai berhasil dijinakkan.

sekilas

27

peristiwa

Kursi

Panas Ketua

DK FTZ

G

ubernur Kepri Muhammad Sani kini dapat pekerjaan baru, menangkis serangan kelompok pengusaha yang menginginkan dia lengser dari kursi Ketua Dewan Kawasan Perdagangan Bebas Batam, Bintan, Karimun. Bahkan, mahasiswa Kepri di Jakarta menggelar unjuk rasa di depan Kantor Menteri Koordinator Perekonomian. Pengusaha menganggap Sani kurang mumpuni menakhodai DK FTZ. Selama berada di bawah komando Sani, FTZ dinilai jalan di tempat. Karena itu, Kadin Kepri berkirim surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar jabatan Sani yang segera habis tak diperpanjang lagi. Jadi Rajagukguk, Ketua Tim Kajian Restrukturisasi dan Evaluasi FTZ Kadin Kepri, menegaskan surat sudah dikirim ke Presiden. Menurut Jadi, Kadin tak boleh kalah cepat karena surat rekomendasi dari Gubernur dan DPRD Kepri yang mengusulkan komposisi Dewan Kawasan FTZ Periode 2013– 2018 sudah sampai di tangan Presiden. Dalam suratnya, Sani mengusulkan komposisi DK FTZ sama dengan periode sebelumnya, dimana ia duduk sebagai ketua. Jadi Rajagukguk mengatakan, Kadin perlu menjelaskan kepada Presiden aturan hukum yang menjadi pijakan implementasi FTZ di BBK telah dilanggar oleh Gubernur

EDISI 7, Minggu III maret 2013

Kepri selaku Ketua DK. “Kami ingin Presiden bisa memandang persoalan ini dengan penuh fairness tanpa ada tendensi dan kepentingan apapun, sebab kami juga berjuang tanpa membawa kepentingan dari manapun kecuali kepentingan untuk membawa perubahan bagi Kepri ke arah yang lebih baik,” papar Jadi. Sebagaimana halnya surat rekomendasi gubernur tersebut, lanjut dia, Kadin ingin surat penolakan tersebut juga dibahas ditingkat kementerian dan memberi kesempatan kepada Kadin Kepri untuk menjelaskan permasalahan yang terjadi. “Kami tidak ingin publik mendapatkan pemahaman yang salah terhadap pelaksanaan undang–undang, dan semestinya Gubernur tidak semakin terperosok dalam implementasi aturan yang salah kaprah,” kata Jadi. Gubernur Sani mengatakan, tidak terguncang atas aksi penolakan mahasiswa di Jakarta yang meminta dirinya tidak ikut dalam pencalonan Ketua DK FTZ Batam, Bintan, dan Karimun. “Saya kan sah-sah saja mencalonkan. Saya bekerja sesuai aturan yang ada dan berdasarkan amanah yang ada. Sesuai dengan UU No 44, kan saya sah-sah saja,” kata Sani. (rinto situmorang)

28

mataair

J

adilah engkau yang nomor satu. Hanya ada satu engkau di dunia ini! Ini bisa saja kau anggap lucu. Tapi ini nasihat sungguh tidak main-main. Menjadi kita yang nomor satu, itu artinya kita harus mengalahkan diri kita sendiri, terusmenerus. Itu artinya kita yang hari ini harus lebih baik dari kita yang kemarin. Begitulah senantiasa. Kita kejam menuntut diri kita sendiri. Kalau mau pakai istilah dari dunia industri, maka kita semua diciptakan Tuhan sebagai satu produk yang unik, dengan segala potensi untuk menciptakan kategori produk sendiri, dan menjadi yang terbaik pada kategori itu. Maka, ciptakanlah kategori kita sendiri, dan jadilah produk terbaik! Jadilah seseorang yang tak terbandingkan dengan siapapun. (gunung djiwa)

Jadilah Kita yang Nomor Satu! EDISI 7, Minggu III IIi maret 2013

29

era DIGITAL

EDISI 7, Minggu III maret 2013

media

Peralihan format media dari cetak ke digital terus berlangsung. Angin perubahan ini bertiup dari Amerika Serikat. Puncaknya, salin rupa majalah legendaris Newsweek dari edisi cetak ke versi digital awal Januari 2013.

30

D

media

ata dari Alliance for Audited Media mencatat hingga pertengahan 2012, terdapat sebanyak 287 majalah digital yang terbit di Amerika Serikat. Sebagian besar di antaranya sudah menggunakan sistem berbayar. Jumlah pelanggan media digital di AS, menurut AAM, mencapai 5,1 juta orang. Dalam laporan itu disebutkan, edisi digital majalah People dilanggani 3.563.036 orang. Sedangkan pelanggan edisi digital majalah Cosmopolitan mencapai 3.017.834. Angin perubahan itu kini terbang melintasi benua. Ia sampai di Australia. Seperti dilaporkan VIVAnews, pekan lalu, sejumlah koran di negara bekas koloni Inggris itu menyiapkan siasat baru menghadapi perubahan pasar media.

berita lewat Internet ini sangat efektif dan efisien untuk menjangkau banyak pembaca di manapun. Itulah sebabnya media kami pun kian serius menggarap edisi online,” kata Parker. Kenapa digital? Dengan beralih ke versi digital, pengelola media telah melakukan penghematan lebih dari 50 persen biaya produksi dan distribusi yang mereka keluarkan selama menerbitkan edisi cetak. Versi digital tidak menggunakan kertas yang harganya makin mahal. Karena itu, tidak pula perlu loper yang harus digaji untuk melemparkan majalah atau surat kabar ke rumah pelanggan. Tanpa menggunakan tenaga sirkulasi, majalah atau koran digital justru bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Pembaca dapat mengakses di manapun dan kapanpun. Dari sisi tampilan, versi digital jauh lebih menarik. Majalah atau koran digital tidak saja berisi teks dan gambar, tapi juga dapat menampilkan grafik, bunyi, dan

“Sama seperti media massa di negara-negara lain, media cetak Australia mengalami perubahan. Banyak pembaca yang beralih dari edisi cetak ke edisi digital,” kata Stuart Parker, seorang editor The Australian edisi online, seperti dikutip laporan itu. The Australian adalah surat kabar dengan oplah tertinggi di Australia, 135.000 eksemplar per hari kerja dan 305.000 eksemplar untuk edisi akhir pekan. Sirkulasinya menyebar ke seluruh negara bagian di negeri kanguru. Sejak 2010, The Australian mulai melayani pembacanya secara digital dengan membuat aplikasi khusus untuk tablet dan smartphone. Koran digital itu dikerjakan sekitar 20 orang staf. Langkah itu lantas diikuti surat kabar lain di Austrralia. “Para pengelola surat kabar menilai bahwa penyebaran

video secara terpadu dan sinkron, sehingga lebih hidup seperti halnya televisi. Pembaca yang ingin menyimpan edisi yang berisi artikelartikel penting bagi mereka, juga lebih dimudahkan. Menyimpan majalah atau koran digital tidak memerlukan sebuah ruang atau tempat yang luas seperti halnya media cetak. Semua bisa diunduh dalam format PDF dan disimpan di dalam komputer atau tablet pembaca. Martha Rotter, pendiri Woop.ie, dalam tulisannya tentang 10 langkah membuat media digital, mengatakan pembaca media digital terus mengalami pertumbuhan. “Ini adalah saat yang menggembirakan bagi media publikasi digital. Keberadaan perangkat seperti yang dibuat Apple sangat membantu konsumen untuk menemukan secara mudah apa yang sebenarnya mereka butuhkan.”

EDISI 7, Minggu III maret 2013

31

media

Kendati begitu, kata Rotter, perkembangan yang menggembirakan itu bukan berarti tanpa hambatan. Perubahan atau perkembangan teknologi hardware dan software terjadi setiap hari. Itu artinya, para pengelola media digital yang ingin menjangkau pembaca seluas-luasnya, mau tak mau, harus mengikutinya. Sebab, para pembaca juga selalu mengikuti perubahan tersebut. ***

EDISI 7, Minggu III maret 2013

32

media

Kom

uni

kasi

dan

Massa Komunikasi ada hakikatnya untuk mencari jawaban. Maka itu prinsip dasarnya selalu bertanya, yg paling umum adalah bertanya tenang nama-nama, kemudian kabar. Sesederhana itu.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

33

K

emudian seiring pertumbuhan jumlah manusia dan perkembangan peradaban, kumunikasi juga berkembang. Semula dari pribadi ke pribadi, menjadi antar kelompok, hingga kemudian antar masyarakat. Maka menjelmalah komunikasi massa. Komunikasi tak lagi verbal, tapi juga non verbal atau komunikasi simbol yang kemudian simbol-simbol ini menjelma menjadi abjad (baca: tulisan). Untuk menampung simbol atau tulisan tersebut, manusia menciptakan alat komunikasi massa. Alat atau media yang dapat menghubungkan/menggadakan komunikasi dg massa. Dari sinilah, media komunikasi dikembangkan. Sebelum era manusia moderen, manusia nederthal telah menjadikan dinding gua sebagai medianya. Peninggalan prasejarah ini dibuktikan dengan ditemukannya lukisan di dinding gua Altamira, Spanyol. Ketika era manusia nederthal berakhir, manusia moderen memimpin, media pun berkembang lebih baik. Komunikasi yang intinya bertukar simbol tadi, kian intens. Lukisan berubah menjadi hyroglif atau huruf sandi atau dikenal juga sebagai huruf paku. Tulisan paku (cunei form) ini, menggunakan ± 350 tanda gambar dan setiap gambar merupakan satu suku kata. Huruf-huruf “paku”, disebut demikian, karena dituliskan pada papan tanah liat yang digoresi/ditulisi menggunakan karang yang keras dan berujung tajam, mirip paku. Hyroglif dan tulisan paku memang lazim ditemukan pada peradaban-peradaban kuno. Misalnya Mesir kuno, atau kerajaan-kerajaan Mesopotamia, di antaranya Sumeria, Assyiria, Akkadia, dan yang paling terkenal adalah Babylonia. Kerajaan-kerajaan ini terletak di antara dua aliran sungai yaitu sugai eufrat, dan sungai tigris. . Peninggalan media di era ini yang paling terkenal adalah ketika raja Babilonia I, Hammurabi, memerintahkan menulis undang-undang yang dipahatkan di batu yang berisi : larangan main hakim sendiri, sehingga keamanan dan keadilan masyarakat dijunjung tinggi Hukum Perdata dan Pidana. Inilah undang-undang tertua di dunia, yang kemudian dikenal dengan Codex Hamurabi. Namun Codex Hammurabi ini hanyalah memuat undangundang yang “rasa” komunikasi massanya masih belum tampak. Hingga beribu tahun kemudian, para senator Romawi kuno membuat kebiasaan membuat catatan rapat dan yang tidak pernah dipublikasikan alias menjadi rahasia negara. Inilah Acta Senatus. Namun di era Julius Caesar, tahun 59 SM, hasil rapat senator ini dipasang di tempat umum agar diketahui orang banyak. Papan-papan pengumuman itu selanjutnya disebut Acta Diurna. Acta Diurna diakui sebagai media massa

EDISI 7, Minggu III maret 2013

media (koran) generasi pertama di dunia. Secara harfiah Acta Diurna berarti catatan harian. Karena saat itu belum dikenal teknologi cetak dan kertas, Acta Diurna ditulis dengan cara dipahat pada batu atau logam. Melalui Acta Diurna atau disebut juga Acta Popidi atau Acta Publica, Romawi ingin menerapkan prinsip ketersediaan informasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan publik yang sekaligus menjadi penanda peradaban dunia berbasis teks. Inilah proses pendokumentasian pertama dalam sejarah peradaban manusia. Pada perkembangannya Acta Diurna memuat tentang kabar kelahiran, pernikahan, kematian, pengadilan, dan merambah pada kabar harga barang juga promosi. Inilah cikal bakal ilmu dan jurnalistik di dunia, dan dari kata “diurna” inilah, kata “jurnal” akar dari “jurnalistik” berasal. Zaman terus berlalu, akhirnya dari huruf sandi yang dilukis dan dipahat ini berganti dengan huruf yang ditulis: alfabet. Alfabet adalah sebuah sistem tulisan yang berdasarkan lambang fonem vokal dan konsonan. Selain huruf, mediapun pun berkembang. Semula menggunakan dinding gua (dilukis), lalu papan tanah liat atau batu dan kayu (dipahat). Selanjutnya papirus, ada juga daun lontar hingga akhirnya kertas (ditulis). Aha! Koran pun muncul (dicetak). Era satelit pun dimulai, media merambah menggunakan gelombang udara. Radio, disusul televisi dan kini era digital: internet meraja. Faboulus. Dari uraian di atas, maka komunikasi massa, sama halnya dengan komunikasi dyadic, untuk memberi jawaban atas masalah-masalah yang ada. Jawaban ini hanya bisa digali dengan bertanya, tentang apa, kapan, dimana, mengapa, dan siapa. Bertanya ini serasa sepele, namun sangat sulit dilakukan. Agar mendapatkan informasi atau jawaban yang dalam dan lengkap, diperlukan pertanyaan yang bagus dan tajam. Untuk itu si penanya harus punya wawasan dan memahami masalah. Semua ini memiliki metoda dan teknik tertentu. Kinerja komunikasi massa umumnya selalu berdasar pada post factum (bertindak setelah terjadi). Alurnya seperti ini: semula ada peristiwa, kemudian muncul pertanyaanpertanyaan, muncul jawaban atau fakta-fakta baru. Dalam jurnalistik, beragam fakta tersebut biasa disebut angle. Beragam angle ini kemudian dipilah dan dipilih dengan mempertimbangkan ketokohan, besar, dekat, pertama kali atau baru, human interest, dan dipertimbangkan misi/tujuan apa yang akan dibidik dari berita ini. Yang paling menarik dari semua pertimbangan itulah kemudian diangkat jadi judul.

34

media Sekali lagi, fakta-fakta baru tadi ditelaah lagi, lalu muncul pertanyaan-pertanyan baru lalu dicarikan jawabannya. Begitu terus. Karena itu, jurnalis disebut orang yg mencari, mengumpulkan, mengolah dan menyebarkan informasi secara kontinyu. Contohnya seperti ini. Belum lama ini geger kasus Idawati Pasaribu yang diduga membunuh bidan Nurmala Dewi Tinambunan, di Medan. Pada hari Sabtu, 9 Maret 2013, Batam Pos memuat headline berjudul, Dua Tahun Diburu Idawati Pasaribu. Berton Sembunyi di Langkat. Dalam berita tersebut banyak ditemukan fakta fakta baru tentang keberadaan Berton Silaban, orang yang disebut-sebut sebagai pemicu bidan Nurmala Dewi Tinambunan dihabisi orang suruhan Idawati Pasaribu. Fakta tersebut adalah, pertama, sejak kabur dari Batam dan dilaporkan Idawati ke polisi, ternyata Berton disembunyikan L Tinambunan, ayah bidan Dewi di Besitang, Kabupaten Langkat. Fakta kedua, Berton dibawa keluarga L Tinambunan ke Besitang, tepatnya ke kebun sawit milik keluarga L Tinambunan. Fakta ketiga, Berton adalah anak dari tulang (paman) kandung Idawati. Sehingga karirnya di PT Marsada Jaya, perusahaan milik Idawati, cepat melejit. Idawati menghadiahinya jabatan Direktur Operasional di PT Masada Jaya. Berton dipercaya mengelola SPBU di Seiharapan. Namun sekitar 2011 lalu, Berton menghilang. Selain membawa sejumlah uang perusahaan, Berton juga meninggalkan banyak beban tugas serta tanggung jawab selaku direktur operasional. Banyak lagi fakta-fakta baru dalam kasus ini, dan setelah ditelaah, ternyata masih memunculkan lagi hal hal yang belum terjawab. Misalnya, keberadaan Berton masih belum jelas, ibu korban belum ada diminta keterangan terkait kasus ini. Pertanyaan lain, belum ada keterangan dari Polresta Barelang terkait benar tidak ya laporan Idawati atas dugaan penggelapan Berton di perusahaannya. Pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab, tentu saja.(m riza fahlevi)

EDISI 7, Minggu III maret 2013

35

trend

b e r l i a n

Editor: Fenny Ambaratih email : majalah@batampos.co.id

‘The diamonds are woman’s best friend’ begitu bunyi sebuah pepatah yang mencerminkan kedekatan wanita dengan batu mulia ini. Bahkan pada tahun 1953, Marilyn Monroe menyanyikan lagu yang berjudul “Diamonds are girl’s best friend”. Mengapa? karena berlian menunjukkan kemewahan dan keanggunan. Konon berlian juga melambangkan sebuah keabadian, tak heran banyak yang menjadikan berlian sebagai tanda ikatan cinta.

EDISI4,7,Minggu MingguIVIIIFebruari maret 2013 EDISI 2013

foto-foto: M Noor Kanwa

Batu dengan Sejuta Kilau

36

trend

S

ejak zaman purbakala berlian dikenal sebagai material yang paling keras ke tiga setelah ‘Aggregated diamond nanorods’ dan ‘Ultrahard Fullerite’. Menurut sejarahnya, nama berlian itu sendiri diambil dari bahasa Yunani kuno yang artinya “Tak Terkalahkan”. Berlian pertama kali ditemukan manusia sekitar 800 tahun sebelum Masehi di daerah India dan saat itu benda ini digunakan sebagai keperluan dekoratif. Koh I Noor dan The Blue Hope merupakan berlian terbesar yang pernah ditemukan di India dan menjadikan India sebagai salah satu negara penghasil berlian terbesar di dunia. Berlian adalah batu yang paling berharga diantara batu permata lainnya. Dengan berbagai kualitas dan keindahannya yang unik, berlian mencerminkan kekayaan seseorang. Semakin mahal berlian yang dimilikinya, maka semakin kaya lah ia. Konon katanya Batu ini memberikan rasa bangga dan kepuasan pada pemiliknya. Meskipun termasuk barang berharga, berlian biasanya tidak menjadi ladang investasi karena setelah dijual harga berlian biasanya dipotong hingga 20-30 persen dari harga

EDISI 7, Minggu III maret 2013

beli. "Jadi biasanya yang membeli berlian kebanyakan untuk dipakai sendiri atau hadiah pernikahan," ujar Nora, salah seorang staff penjualan Julia Jewelery, Nagoya Hill Batam. Berlian merupakan sebuah karya seni. Pengasah berlian biasanya membuatnya dengan segenap kemampuan. Jika salah sedikit dalam proses pengasahan, maka hasilnya tidak sempurna yang mengakibatkan harganya juga akan menjadi turun. Berikut penilaian pada kualitas sebuah berlian yang dikenal dengan '4C', yaitu: 1. Color atau warna. Semakin bening berlian, semakin tinggi juga nilainya. Berlian tanpa warna merupakan berlian terbaik. Terdapat jenis tingkatan warna berlian yaitu : D-F untuk colorless (putih), G-J untuk hampir tidak berwarna, K-M untuk kekuning-kuningan, N-R untuk kuning sangat terang, S-Z untuk kuning terang, dan Z untuk warna fancy. 2. Cut atau irisan. Jika irisannya sempurna, maka berlian akan memantulkan cahaya yang cemerlang. Untuk menguji kualitasnya, lihatlah berlian dari atas, dengan begitu pola pantulan sinarnya akan terlihat jelas.

37

3. Clarity atau kejernihan. Semakin sedikit kerusakan pada berlian, semakin sempurna cahaya yang dipantulkan. 4. Carat atau karat. Berlian diperjualbelikan berdasarkan karat atau beratnya, bukan berdasarkan volume atau banyaknya. Sehingga tidak semua berlian dengan ukuran karat besar berarti lebih baik dan sempurna. Berlian dengan karat kecil mungkin memliki nilai lebih besar daripada berlian berkarat besar tetapi tidak sempurna. Sekarang, berlian lebih banyak digunakan untuk keperluan fashion dengan berbagai desain. Karena tingginya harga berlian, tidak semua orang mampu membelinya. Oleh karena itu muncullah berlian imitasi yang dinamakan Cubic Zirconia (CZ) sehingga membuat banyak orang mampu membeli perhiasan mirip berlian dengan harga terjangkau. Apa sebenarnya Cubic Zirconia? Cubic Zirconia (CZ) adalah batu permata sintetis berkualitas tinggi yang mirip berlian dan biasanya dibuat di laboratorium. Cubic Zirconia adalah oksida zirkonium (ZrO2), jenis mineral yang sangat jarang terjadi secara alami, namun mudah disintesis untuk digunakan sebagai tiruan berlian. Zircon sintetis sifatnya keras, sempurna secara optik, dan dapat dibuat dalam berbagai warna yang berbeda.***

Koleksi: - Julia Jewelery : Komplek Nagoya Hill Ground Floor - NEW PARIS : Komplek Nagoya Hill Ground Floor Shop Mall Blok Q

EDISI 7, Minggu III maret 2013

trend

creatrep

38

creativity & entrepreneur

Ratih Suzannah

Pemilik Bisnis Online House of Naynay

Meraup Laba di Dunia Maya Status pegawai negeri sipil dengan penghasilan yang pasti, tak membuat Ratih Suzannah berpuas diri. Ia membuka bisnis online dan rental mobil dan menargetkan sukses sebelum usia 30 tahun.

U

EDISI 7, Minggu III maret 2013

sai jam kantor, Ratih Suzannah, 26, bergegas pulang ke rumahnya, Rabu (13/3) sore. Ia istirahat sebentar kemudian menyiapkan barang pesanan pelanggannya, dua set slimming suit. Dari rumahnya, pegawai Badan Penanaman Modal Kota Batam ini, menuju perumahan KDA Jalan Nuri 1 No.2, Batam Centre. Di sinilah, Ratih Suzannah mengendalikan bisnisnya. Ia memiliki beberapa lini bisnis. Mulai bisnis online, rental mobil, bisnis kuliner (angkringan), hingga yang terbaru distributor keripik Aziz Gagap. ''Saya mau mengantar slimming suit ini untuk pemesan. Ini salah satu produk untuk bisnis online saya,'' kata wanita yang biasa disapa Ratih ini sembari

Editor: Ahmadi

email : majalah@batampos.co.id

menunjukkan dua set slimming suit. Untuk bisnis online, Ratih menjual beberapa produk. Selain slimming suit Natasha Slimming buatan Taiwan, ia juga menjual kosmetik impor, aksesoris, bros, jilbab, dompet, dan tas. Lima produk yang disebut terakhir adalah buatan sendiri dan memakai merek sendiri. Mereknya Naynay. ''Slimming suit ini yang best seller. Paling tidak 20 set pesanan tiap bulan, disusul kosmetik, jilbab, dan aksesoris,'' ungkapnya. Bisnis online Ratih relatif kencang dan dikenal sehingga pelanggannya banyak yang berada di luar Batam. Di antaranya berada di Jakarta, Bandung, Sulawesi, Riau, Aceh, bahkan Papua. Dari bisnis online ini, Ratih setidaknya meraih omset antara Rp10 juta-Rp15 juta per bulan. ''Banyak yang memandang remeh bisnis online ini, padahal belum tahu hasilnya luar biasa,'' katanya. Berkat bisnis online ini, selain namanya semakin dikenal, Ratih juga bisa mengembangkan bisnisnya. Ia melirik lini bisnis lain, yaitu rental mobil. Bermodalkan tiga unit mobil, masing-masing Avanza, Grand Livina, dan APV, ia

creatrep

39

creativity & entrepreneur

mendirikan perusahaan rental mobil dengan nama CV ResQ Hawa. Tak kalah dengan bisnis online, rental mobil Ratih juga selalu full booked pada akhir pekan. Bahkan ada yang disewa bulanan oleh salah satu perusahaan. Ratih tidak mematok harga yang begitu tinggi sehingga mobil rentalnya banyak diminati. Untuk harian Rp250 ribu, mingguan RpRp1,2 juta, dan bulanan Rp4,2 juta. ''Untuk teman atau member kami memberikan diskon 10 persen. Karena melalui member inilah kami bisa dikenal. Mereka promosi dari mulut ke mulut. Kemudian ditambah promosi oleh kenalan di car wash, bengkel, atau kerjasama dengan usaha rental lainnya,'' jelas Ratih. Dengan bantuan kecanggihan teknologi pula, Ratih gencar mempromosikan bisnisnya. Ia menggunakan sosial media Facebook dan Blackberry Massenger, hingga blog, untuk promosi. Nama blognya House of Naynay. Tidak hanya itu, ia juga memperluas jaringan dengan sering-sering mengikuti seminar wirausaha dan motivasi. Belum lagi ilmu pengetahuan yang diperoleh dan keberanian berbicara di depan umum. ''Dengan ikut seminar ini saya lebih percaya

diri, juga pikiran saya terbuka dan semakin semangat untuk berbisnis,'' ujar alumni Batam Pos Entrepreneur School (BPES) ini. Memang diakui Ratih, seminar dan buku motivasi inilah yang membuka jalannya untuk berbisnis meski sudah berstatus pegawai negeri sipil. Apalagi ia memang senang berbisnis karena dari kecil sudah diajarkan ibunya yang seorang pedagang. Tiga tahun lalu, ceritanya, ia melihat reklame tentang seminar wirausaha. Dari situlah, muncul ide untuk berbisnis. Tetapi ia tidak bisa mengikuti seminar itu dan hanya bisa membaca buku motivasi. Buku motovasi ini semakin memacunya untuk berbisnis. ''Meski saya pegawai negeri, gaji saya tidak besar karena cuma staf, sementara kebutuhan besar seperti biaya KPR rumah. Akhirnya saya berbisnis,'' bebernya merendah. Bisnis online menjadi pilihan karena saat ini belanja online mulai tren. Modalnya tidak begitu besar, bisa dijalankan di mana saja dan kapan saja, serta tidak mengganggu pekerjaannya di kantor. Usaha online ini, menurutnya, bisa dilakukan siapa saja, asal ada kemauan. Melalui media sosial, seperti Facebook, Twit-

Bisnis online lagi tren. Modalnya tidak besar, bisa dijalankan di mana dan kapan saja.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

40

creatrep creativity & entrepreneur

ter, Website, dan Instagram, serta Blackberry Massenger, bisa menghasilkan uang.''Jika ditekuni malah hasilnya bisa melebihi gaji orang kantoran,'' tegasnya. Dengan keyakinan itu dan modal Rp500 ribu, ia mulai merintis bisnis online. Ia membeli tas kemudian difoto dan dijual melalui Facebook. Pembeli pertama berasal dari Jambi. Hasil penjualan ia gunakan lagi untuk membeli tas dan dipajang lagi di Facebook. ''Lama-lama permintaan semakin ramai, sampai pesanan ada yang dari Papua. Waktu itu saya jual tas KW,'' katanya. Dalam tempo dua tahun, bisnis tas online Ratih maju pesat hingga ia berpikir membuka toko. Ia menjual rumahnya untuk modal usaha. Ia mengambil ruko di kawasan Melalui media sosial, Alibaba, Batam Centre. Toko seperti Facebook, Twititu ia percayakan kepada ter, Website, dan Instakaryawan sehingga pegram, serta Blackberry layanannya kurang maksimal. Apalagi ia sempat Massenger, bisa mengmasuk rumah sakit karena hasilkan uang. pendarahan saat hamil anak ke dua. Akibatnya bisnisnya kurang kontrol dan usahanya bangkrut. Ia pun vakum selama setahun. ''Saya mulai usaha lagi setelah melahirkan. Mulanya karena saya pakai slimming suit dan teman-teman melihat tubuh saya langsing meski baru melahirkan. Akhirnya terpikir untuk bisnis online lagi,'' ujarnya. Meski punya pengalaman bisnis tas, Ratih tidak mau lagi berjualan tas KW. Alasannya, sudah banyak saingan dan aturan pemerintah yang membuatnya tidak leluasa lagi berjualan tas KW. Slimming suit pun jadi pilihan. Apalagi banyak teman-temannya yang memesan. Kemudian permintaan dari pelanggan di luar Batam juga meningkat. Seiring meningkatnya permintaan, Ratih menambah produk pada bisnis online-nya. Ia juga menjual kosmetik dengan harga mulai Rp50 ribu, jilbab dibanderol Rp30 ribu, dan aksesoris. ''Saya juga bisnis snack box loh. Harganya Rp6 ribuan per kotak,'' katanya berpromosi. Setelah bisnis online jalan, Ratih bersama suaminya merintis usaha rental mobil. Semakin berkembangnya usaha, Ratih pun sempat berpikir untuk menanggalkan status PNS dan fokus berbisnis. Tetapi ayahnya yang juga PNS melarang. Akhirnya ia pun melakoni keduanya karena ia punya tekad untuk sukses. ''Tetapi suatu saat, impian saya ingin fokus di dunia usaha. Sekarang saya jalani saja sambil belajar dan tetap bersyukur. Saya menargetkan sukses sebelum usia 30 tahun,'' katanya.***

EDISI 7, Minggu III maret 2013

creatrep

41

creativity & entrepreneur

Kenapa Bisnis Online? Teknologi internet saat ini sedang berkembang sangat cepat. Di Indonesia saja, pengguna internet jumlahnya naik rata-rata 35 persen setiap tahun. Saat ini diperkirakan ada 30 juta pengguna internet aktif di Indonesia, dan masih akan terus bertambah. Di negara maju, bahkan hampir setiap rumah memiliki koneksi internet. Sudah saatnya, bisnis Anda menggarap pasar yang sangat besar dan potensial ini. Dengan cara meng-online-kan bisnis Anda, otomatis bisnis Anda sudah satu langkah lebih maju. Berikut ini beberapa alasan mengapa bisnis Anda harus online: 1. Menjangkau wilayah yang lebih luas Anda dapat memperkenalkan diri Anda, perusahaan Anda, maupun produk atau jasa yang Anda jual ke seluruh pelosok dunia, di manapun ada koneksi internet. Dengan demikian bisnis Anda berpotensi untuk menjangkau calon konsumen lebih luas, termasuk dari luar negeri. 2. Tanpa batas waktu Anda dapat berpromosi selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, dan 12 bulan dalam setahun. Website Anda tetap dapat diakses meskipun tanggal merah. 3. Biaya promosi lebih ringan Anda dapat berpromosi dengan cara yang jauh lebih efektif. Melalui website Anda, promosi dapat dilalukan dengan cepat dan mudah, dan dengan biaya yang sangat ringan. Bandingkan dengan cara promosi dengan media tradisional, di mana wilayah distribusinya sangat terbatas, dan hampir dapat dipastikan kita tidak mampu meEDISI 7, Minggu III maret 2013

masang iklan di setiap terbitannya secara terus-menerus, karena biaya beriklan di media seperti itu sangat mahal. 4. Membangun reputasi Anda dapat menunjukkan pengetahuan, keterampilan, maupun pengalaman Anda, sehingga dunia tahu bahwa Anda serius dan profesional dalam bisnis Anda. Semakin banyak orang mengunjungi website Anda, nama Anda atau perusahaan Anda akan semakin dikenal. 5. Membangun komunikasi Anda dapat berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen Anda, sehingga terjadi hubungan. Anda juga bisa mendapatkan umpan balik dengan cepat dari konsumen, baik negatif maupun positif, sehingga masalah kecil dapat dengan segera diperbaiki sebelum menjadi besar. ***

creatrep

42

creativity & entrepreneur

Bisnis dengan Persaingan?

Bisa!

OLEH : Lisya Anggraini GM Batam Pos Entrepeneur School

Jika anda sudah mengetahui peluang bisnis, yang beranjak dari memahami problem lalu menemukan solusinya. Solusi ini bisa bentuknya produk maupun jasa. Dan menjadikan solusi berupa produk atau jasa itu, sebagai bisnis yang akan dibuka, maka langkah anda sudah tepat. Karena ini lah inti dasar untuk mendeteksi peluang bisnis.

Namun, pertanyaan lanjutan harus bisa dijawab, adalah siapa yang mau beli? Sebenarnya pertanyaan ini sudah ada cikal jawabannya, ketika anda memulai langkah mendeteksi peluang bisnis dari memahami problem yang ada di sekeliling. Dengan mengetahui problem tentu juga mengetahui siapa yang mengalami problem. Nah, mereka itu lah calon yang akan membeli solusi berupa produk atau jasa yang anda tawarkan dalam bisnis anda. Hanya saja, harus disadari bahwa bisa saja sudah ada pebisnis lain yang juga menawarkan solusi yang serupa?

EDISI 7, Minggu III maret 2013

Mau tidak mau, anda harus mengetahui hal ini. Siapa yang sudah memberikan solusi yang serupa dengan solusi yang anda tawarkan? Ini hal penting untuk diketahui. Artinya harus cek pasar dulu. Pasar ini yang akan semakin menambah gambaran dan memperkaya persiapan maupun pengenalan tantangan bisnis anda. Dan bisnis seperti apa yang akan anda buka nantinya, dari problem yang anda ketahui itu.. Hal penting anda ketahui jika sudah ada yang memberikan solusi yang serupa dengan solusi produk atau

creatrep

43

creativity & entrepreneur

jasa yang akan anda buat dalam bisnis anda, bukan tidak mungkin peluang tetap ada. Tentu, ada triknya. Karena kebanyakan bisnis sudah ada pesaingnya. Contohnya saja, Rumah Makan Padang. Ketika anda akan membuka bisnis serupa, tentu bukan anda yang pertama. Sudah berapa banyak Rumah Makan Padang yang sudah punya nama. Juga yang tidak ternama namun memiliki pelanggan tetap. Apakah tertutup peluang anda mendapatkan pelanggan? Jawabanya “bisa ya”: dan “bisa tidak”. Untuk menjadikannya “bisa ya”, anda harus mengenal problem apa lagi yang dialami oleh pelanggan rumah makan padang yang sudah ada. Selain itu, mengenal problem orang-orang yang belum menjadi pelanggan rumah makan padang, tapi menginginkan nasi padang. Jika anda mampu mengenali problemnya, lalu membuat solusi yang tepat, yang belum ditawarkan oleh rumah makan padang yang sudah ada. Kategori pebisnis seperti ini dinamakan opportunity recognition atau sadar peluang. Pada pelatihan entrepreneurship untuk kelas perdana Sumut Pos Entrepreneur School (Pengembangan Batam Pos Entrepreneur School) di Medan, Agung B Waluyo memberikan gambaran sederhana namun jitu. Lelaki yang menjadi Direktur Program pada Universitas Ciputra Entrepreneurship Centre (UCEC) itu, menjelaskan pengalaman ril bisnis dari seorang Tenaga Kerja Wanita di Hongkong yang kemudian membuka usaha rumah makan. TKW tersebut, setelah mendapatkan pelatihan entrepreneurship dari UCEC di Hongkong, terbakar semangatnya membuka rumah makan di kampong halamannya di Solo. Ia membuka usahanya di belakang salah satu kampus. Ketika dia akan membuka usaha, sudah berjejer rumah makan di sekitar kampus. Bahkan usianya sudah ada yang hampir sama dengan usia kampus tersebut. Jelaslah pelanggan yang akan disasar sama, yakni kebanyakan mahasiswa. Namun, dia tidak kehilangan akal. Dengan kecerdikan memahami problem kebanyakan EDISI 7, Minggu III maret 2013

mahasiswa, yakni yang dibutuhkan utama adalah rasa kenyang. Tentu solusinya nasi. Nasi diapakan? Bukan di apa-apakan.Tetap nasi putih biasa. Hanya saja, dia membuka member untuk pembeli ke rumah makan miliknya. Dan setiap member membayar Rp20 ribu, akan mendapatkan gratis nasi sebulan, makan di tempat, sekenyangnya. Pelanggan tergiur. Pemilik rumah makan yang lain belum terpikir solusi seperti ini! Dan para pelanggan itu, setiap datang ke warung itu, tentu membutuhkan lauk pauk atau pun sayur. Nah, lauk dan sayurnya harus bayar. Sudah barang tentu, setiap member yang sudah punya nasi, membutuhkan lauk. Ini lah cara dia mendapatkan omset yang sudah pasti, sesuai jumlah member. Di Batam, kita juga mengenal Bingka Bakar Nayadam sebagai produk Oleh Oleh. Wisnu sang pemilik usaha ini, memulai bisnisnya tahun 2009, ketika Kek Pisang Villa sudah menjadi top brand oleh oleh di Batam. Namun, kenapa Wisnu tetap berani mengambil bisnis dengan memberi solusi serupa? Yakni produk oleh-oleh? Tentu Wisnu tak asal berani dan nekad saja. Ia memiliki bekal memahami problem yang masih ada namun belum dijawab Kek Pisang Vila yang ketika itu hanya menawarkan solusi oleh oleh berupa Kek Pisang, berikut kue-kue kering. Wisnu melihat local jenius kuliner Kepri sebagai daerah melayu, yakni Bingka Bakar. Solusi ini yang ditawarkan Wisnu dalam bisnisnya Nayadam. Hasilnya? Bisa dilihat sendiri, Nadayam juga tumbuh menjadi salah satu pilihan top brand oleh-oleh dari daerah ini, dan sudah berkembang menjadi beberapa outlet. Meskipun bermula hanya berdagang di kaki enam. ***

(Berawal dari impian dan gagasan entrepreneurship CEO JPNN Rida K Liamsi, ia menyusun pendirian Entrepreneurship Centre dan memimpin pelaksanaannya. Menyiapkan program entrepreneurship untuk Batam Pos Entrepreneur School, Sumut Pos Entrepreneur School dan Riau Pos Entrepreneur School)

pix

44

fotografia

Membebaskan Diri P

a

teks dan foto: m noor kanwa

P

EDISI4,7,Minggu MingguIVIIIFebruari maret 2013 EDISI 2013

w

a

i

awai Ratusan umat Hindu memadati jalan antara Gedung Sumatera Expo hingga Dataran Engku Putri di Batam Centre, Senin (11/3) lalu, tempat berlangsungnya pawai ogoh-ogoh. Umat Hindu Dharma Batam mengarak ogoh-ogoh sehari menjelang Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1935. Setelah melakukan pawai, umat Hindu menggelar ritual pembakaran ogohogoh yang melambangkan nafsu dan angkara murka, sehingga pada tahun berikutnya, umat akan terbebas dari berbagai godaan. Pawai ogoh-ogoh tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi warga yang melintas dan menjadi tontonan gratis bagi mereka. Selain itu, pawai ini bisa dijadikan agenda wisata tahunan terutama untuk wisatawan dari Singapura dan negara tetangga lainnya karena memang menarik dan diadakan hanya setiap setahun sekali oleh umat Hindu yang berada di Batam.***

45

EDISI 7, Minggu III maret 2013

pix fotografia

46

EDISI7,7,Minggu MingguIIIIIImaret maret2013 2013 EDISI

pix fotografia

47

kutubkhanah

Mukhtasar Tawarikh al-Wusta:

Keringkasan Sejarah Riau-Lingga

Oleh: Aswandi Syahri

H

Stempel Raja Ali Marhum Kantor dan kolofon pada halaman terakhir salinan Mukhtasar Tawarikh al-Wusta koleksi Perpustakaan Universitas Leiden.

istoriografi atau penulisan sejarah, adalah salah satu penopang ‘legitimasi historis dan politis’ yang penting sepanjang perjalanan sejarah kerajaan Riau-Lingga. Pada sisi yang lain, histriografi adalah tradisi intelektual yang juga penting dalam sejarah tradisi tulis Riau-Lingga. Selain Tuhfat al-Nafis dan Silsilah Melayu dan Bugis dalam berbagai versinya yang sangat terkenal itu, ada banyak sekali manuskrip sejarah yang pernah ditulis dan disalin di Riau-Lingga sejak awal abad ke-19 hingga menjelang awal abad ke-20. EDISI 7, Minggu III maret 2013

Dalam catatan sejumlah katalogus manuskrip Melayu yang tersebar di Jakarta, Tanjungpinang, Daik-Lingga, Penyengat, Negeri Belanda, Inggris, Amerika, dan Singapura, terdapat lebih dari empat puluh manuskrip sejarah RiauLingga yang hampir sebagian besar hanya dikenal oleh kalangan sejarawan dan filolog saja. Ditulis dalam genre syair dan hikayat atau gabungan kedua genre itu. Jika disenaraikan, dan memasukkan pula karya-karya yang dihasilkan pada dekade ketiga abad ke-20 (setelah kerajaa Lingga-Riau berakhir), maka untaian panjang historiografi Riau-Lingga itu akan bermula dengan Syair

48 Karangan Bintan atau Syair Sultan Bintan oleh penulis anonymous yang dulis pada 1811, dan berakhir dengan Keringkasan Sejarah Melayu dan Jadwal Silsilahnya (sebuah karya kontra Tuhfat al-Nafis) yang ditulis oleh Tengku Muhammad Saleh Damnah di Daik-Lingga pada 1930. Diantara senarai manuskrip sejarah Riau-Lingga tersebut, terdapat sebuah manuskrip yang berjudul Mukhtasar Tawarikh al-Wusta. Salah satu manuskrip sejarah Riau-Lingga yang berasal dari pertengahan abad ke-19, dan belum banyak dikenal oleh masyarakat awam. Asal-Usul Mukhtasar Tawarikh al-Wusta Dalam khazanah dunia manuskrip Melayu, Mukhtasar Tawarikh al-Wusta (selanjutnya Mukhtasar) dikenal juga dengan nama Undang-Undang Lima Pasal. Manuskrip ini adalah keringkasan atau mukhtasar (abridged version) sebuah manuskrip sejarah diraja Riau-Lingga Gelar-gelar kebesaran Datuk-Datuk Kaya Pulau Tujuh pada salinan Mukhtasar Tawarikh al-Wusta Koleksi Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia. yang berjudul Tawarikh al-Wusta (sejarah yang tengah). Seperti dicantumkan pada pasal yang ketiga dalam manuskrip Mukhtasar, manuskrip Tawarikh al-Wusta yang menjadi bahan sumbernya berada dalam simpanan Raja Ali Marhum Kantor atau Yamtuan Muda VIII Kerajaan Riau-Lingga (1845-1857). Kenyataan ini dibuktikan pula dengan adanya stempel kebesaran Raja Ali Marhum Kantor pada salah satu manuskrip Mukhtasar yang kini menjadi koleksi Perpustakaan Universitas Leiden. Tawarikh al-Wusta yang berada dalam simpanan Raja Ali Marhum Yamtuan Muda Riau itu tampaknya tak sendiri. Terdapat dua manuskrip lain yang berisikan perihal yang lain sebagai sandingannya. Manusrip pertama adalah Tawarikh al-Kubra (sejarah yang terbesar). Berisikan sejarah hubungan raja Melayu dan raja Bugis, dan ada disebut dalam pasal yang ketiga manuskrip Mukhtasar. EDISI 7, Minggu III maret 2013

kutubkhanah

Adapun manuskrip kedua adalah kitab bernama Tawarikh al-Sugra (sejarah yang kecil atau ringkas). Isinya berkenaan dengan hubungan antara kerajaan Indragiri dengan Riau dan Lingga. Tawarikh al-Sugra ini ada disebutkan dalam salinan ‘Sejarah Indragiri’ yang dikumpulkan dari Ungku Busu Indragiri, dan dimuat dalam manuskrip kumpulan sejarah Riau-Lingga yang berjudul Sadjarah Riouw Lingga dan Daerah Taaloqnja, koleksi Perpustakaan Universitas Leiden. Sebaran Manuskrip dan Edisi Rumi Salinan tertua manuskrip Mukhtasar yang diketahui, kini berada simpanan Perpustakaan Universitas Leiden dengan nomor katalogus Cod. Or. 1999. Disalin di Negeri Riau Pulau Penyengat pada 19 Sya’ban 1270 Hjriah, bersamaan dengan 16 Mei 1854 Miladiah. Ditulis pada 28 muka surat ukuran 34 x 23 cm. Koleksi perpustakan Universitas Leiden ini telah dicantumkan oleh E.P. Wieringa dalam Catalogue of Malay and Mnangkabau Manuscripts (1998), dan oleh Teuku Iskandar dalam Catalogue of Malay, Minangkabau and South Sumatran Manuscripts in the Netherlands (1999). Namun berbeda dari Wieringa, Iskandar menyebut judul manuskrip ini sebagai Adat Raja-Raja Melayu. Masih di Perpustakaan Universitas Leiden, sebuah salinan Mukhtasar juga dimuat pada halaman 125 hingga 137 kitab Sadjarah Riouw Lingga dan Daerah Taaloqnja: sebuah manuskrip dengan tulisan yang jealas dan kemas, dan dibeli dari Mr. Lange sekitar tahun 1932. Sebuah lagi salinanan manuskrip Mukhtasar yang disalin di Negeri Riau Pulau Penyengat oleh Hitam bin Raja Hasan atau Khalid Hitam pada 1895 berdasarkan manuskrip yang disalin pada 1 Ramadhan 1280 Hijriah bersamaan dengan 9 Februari 1864 Miladiah berada dalam simpanan Perpustakan Dewa Bahasa dan Pustaka, Malaysia. Oleh Khalid Hitam, Bentara Kiri Kerajaan Riau-Lingga yang juga merangkap sebagai kepala Arsip Riau-Lingga di Pulau Penyengat, salinan manuskrip itu dihimpunkannya bersama salinan bahan-bahan arsip penting lainnya

49 dalam kitab berjudul Tsamaratulmathlub-fi-anuarilqulub yang selesai dihimpun pada 28 Zulhijah 1314 Hijriah, bersamaan dengan 29 Mei 1897. Selain masih ditemukan dalam beberapa buah salinan manuskrip huruf Arab Melayu, Mukhtasar ini juga penah dialihaksarakan dan dicetak dalam huruf rumi atau huruf latin. Edisi pertama dalam huruf rumi diselenggarakan oleh A.F. von de Wall dan dieterbitkan dalam jurnal Tidjschrift voor het Bnnenlandsch Bestuur (1892) dengan judul Beknopte Geschiedenis van Het Vorstenhuis en De Rijksinstelingen van Lingga en Riau (Keringkasan Sejarah Keluarga Diraja dan Pemerintahan Kerajaan Lingga dan Riau). Setelah itu, secara berturut-turut, A. Samad Ahmad merumikan pula salinan yang terdapat dalam salinan arsip-rasip yang dibuat Khlaid Hitam, termasuk Mukhtasar Tawarikh al-Wusta dan dipublikasikan dengan judul Kerajaan Johor-Riau (1985). Diikuti kemudian, dengan edisi rumi yang dimuat dalam Alih Aksara NaskahNaskah Kuno Riau (2001).

Halaman judul Mukhtasar Tawarikh al-Wusta yang dihimpunkan oleh Khalid Hitam dalam kitab Tsamaratulmathlub-fi-anuarilqulub tahun 1895. EDISI 7, Minggu III maret 2013

kutubkhanah

Namun sayang, banyak terdapat bagian-bagian dalam manuskrip Mukhtasar Tawarik al-Wusta yang lepas-luncas pada ketiga edisi rumi yang telah dipublikasikan itu. Pegangan Raja-Raja Kalimat pembuka manuskrip Mukhtasar Tawarikh al-Wustha diawali dengan frasa yang menunjukkan arti penting manuskrip sejarah ini dalam sejarah dan pemerintahan kerajaan Riau-Lingga pada zamannya: “Bahwa sesungguhnya inilah suatu yang diperpegang pada nasa ini oleh raja-raja…” Dengan kata lain, kitab ini adalah salah satu pedoman yang bersandar kepada uraian beberapa periswa sejarah. Dipakai, disepakati, dan diperbuat antara raja Melayu dan raja Bugis, atau antara Sultan Yang Dipertuan Besar dengan Yang Dipertuan Muda Riau yang bersama-sama memerintah kerajaa Riau-Lingga. Sabagai sebuah keringkasan (mukhtasar) dari sebuah kitab tawarikh (sejarah) yang lebih lengkap dan luas, berbagai narasi dalam sejarah hubungan Bugis dan Melayu dalam Kerajaan Riau-Lingga pada kitab Mukhatasar ini ‘dipadatkan’ menjadi lima pasal. Pasal yang pertama, menguraikan asal-usul susur galur Sultan Yang Dipertuan Besar, Yang Dipertuan Muda, Bendahara, dan temenggung dalam sejarah pemerintahan kerajaan Riau-Lingga Pasal yang kedua, menjelasan perihal empat adat istiadat raja-raja Melayu yang berbeda dari adat raja-raja pada neger-negeri diatas angin (Arab, Persia, dan India). Empat perbedaan itu adalah: Pertama pada sumpah setianya. Kedua pada aturan menterinya. Ketiga pada bahasa yang dibahasakannya kepada Yang Dipertuan Besar. Keampat pada menzahirkan bergelarnya itu (pertabalannya). Pasal yang ketiga, menyatakan segala tokong pulau dan teluk rantau yang menjadi wilayah jajajan Riau-Lingga lengkap dengan keringksan sejarahnya. Khusus pasal tiga ini, terdapat perbedaan pada manuskrip yang disalin oleh Khalid Hitam. Pada margin halaman 192, beliau mancatumkan tambahan nama-nama gelar kebesaran Datuk Kaya dan Petinggi yang dipakai di Pulau Tujuh dan Tambelan, sebagai ‘catatan pinggir’ atau buton. Pasal yang keempat, menjelaskan perihal bahasa diraja, bahasa adat, tatkala dibahasakan, dalam istiadat, aturan kelengkapan (semberap) pawai diraja, sejarah nobat, dan peraturan penggunaan nobat sebagai salah satu simbol kebesaran diraja Riau-Lingga. Pasal yang Kelima, menjelaskan sejarah dan asal-usul istilah wakil mutlak serta kandungan maknanya sebagaimana tersebut didalam kontrak-kontrak politik dengan antara Kerajaan Riau-Lingga dengan Belanda sejak 1824.***

50

matabola

Keluarga Besar

yang Lapar

Kemenangan OLEH : Ade Adran Syahlan

Anak perusahaan mampu menjadi inspirasi perusahaan induknya, biasa. Tapi bila anak perusahaan itu sebuah klub sepak bola, baru luar biasa. Itulah yang terjadi pada Juventus dengan semangat Juventino untuk induknya, Fiat.

S

egudang prestasi Juventus hingga dinobatkan sebagai klub terbaik Italia di abad 20, harus diikuti Fiat agar tetap bertahan menjadi perusahaan terkemuka di tengah ketatnya persaingan bisnis otomotif dunia. "Fiat adalah kelompok global dengan fokus yang jelas pada sektor otomotif. Melalui berbagai bisnis, ia merancang, memproduksi, menjual mobil dan komponen terkaitnya. Fiat adalah salah satu pendiri industri mobil Eropa dan hari ini sebagai hasil kemitraan dengan Chrysler, memiliki basis manufaktur dan komersial yang cukup untuk bersaing sebagai pembuat mobil global." Itu misi Fiat. Berdiri 11 Juli 1889 (124 tahun lalu) di Turin. Kini Fiat tetap kokoh berdiri dan menjadi perusahaan mobil terbesar ke-9 di dunia, serta perusahaan mobil terbesar di Italia. Fiat juga memproduksi kendaraan tempur serta pesawat terbang. Bahkan juga memiliki media cetak dan lembaga pembiayaan. Juventus, berdiri 1 November 1897 (115 tahun yang lalu) di Turin. Di lapangan hijau, Juventus merupakan klub tersukses dalam sejarah Liga Italia Seri-A dengan raihan 28 gelar juara (Scudetto). Juga tercatat sebagai salah satu klub tersukses di dunia. Secara keseluruhan, klub ini telah memenangi 52 kejuaraan resmi. Rinciannya, 41 di Italia, dan 11 di zona Eropa dan dunia. Sekali-

EDISI 7, Minggu III maret 2013

Andrea Agnelli

51 gus menjadikannya sebagai klub tersukses keempat di Eropa, dan ketujuh di dunia, dengan gelar-gelar dunia yang diakui oleh enam organisasi konfederasi sepak bola, dan tentunya FIFA. Dalam sejarahnya yang ratusan tahun itu, pengelola Juventus juga sehari-hari mengelola Fiat. Ber-lastname sama, Agnelli. Bermula dari Edoardo Agnelli yang mengambil alih kendali sebagai Presiden Juventus pada 1923, hingga kini kepada cucunya, Andrea Agnelli yang baru berusia 37 tahun. Andrea sehari-hari dibantu seorang CEO, John Philip Jacob Elkann (usia 36 tahun). Elkann memang namanya tanpa Agnelli, tapi dia adalah sepupu Andrea. Ayah Elkann, Eduardo Agnelli. Andrea Agnelli menjadi Presiden Juventus mulai 28 April 2010. Saat Juventus lagi merosot. Menempati posisi ketujuh klasemen Seri A berturut-turut untuk dua musim kompetisi, 20092010 dan 2010-2011. Pria yang pernah bekerja di perusahaan yang memproduksi motor Vesva, Piaggio itu akhirnya harus mencari orang yang bisa menularkan DNA kemenangan lagi pada Juve. Orang itu harus muda dan bersemangat muda, sama dengan nama Juventus yang dalam bahasa latin berarti masa muda. Terpatoklah pada nama, Antonio Conte (43). Andrea tahu, Conte pernah mengucapkan kalimat yang memperlihatkan dirinya benci kekalahan. "Sebuah tim yang dinamakan Juventus tidak boleh mengalami ini. Tidak ada gunanya berpikir tentang masa lalu. Kami harus menatap masa depan. Kini kami perlu merubah mentalitas kami dan kembali makanF.NET dan minum tentang sepak bola. Saya kapten tim ini dan saya akan bertanggung jawab.” Conte mengucapkan itu saat dirinya masih seorang pemain Juve yang menyesal tersingkir dari babak penyisihan Liga Champions tahun 2000. Sedangkan Andrea harus mengambil keputusan merekrut pelatih baru Juve pada Mei 2011, terentang waktu 11 tahun. Ketika niatnya memilih Conte, banyak yang meragukan. Ini pantas, karena Conte masih minim pengalaman dalam enam tahun III maret 2013 EDISI 7, Minggu IiI

matabola karirnya sebagai pelatih, seusai pensiun sebagai pemain pada 2004. Namun, Andrea melihat hal lain. Yakni sejarah panjang antara Conte dengan Juventus serta keluarga besar dirinya sebagai anggota Agnelli. Mungkin hanya orang tua Conte saja yang dihubungi khusus oleh presiden klub, agar mengizinkan anaknya bermain di Juventus. Itu terjadi pada November 1991, saat usia Conte masih 22 tahun dan bermain di klub kota tempat dia bermukim, Lecce. “Saya paham tidaklah mudah terpisah ribuan kilometer dengan anak Anda. Tapi saya pastikan, di Juventus, Conte akan menemukan keluarga baru yang akan membesarkannya dan membantunya melewati setiap masa sulit,'' ucap Boniperti, Presiden Juventus masa itu seperti dikutip dari Signora1897.com. Dan, saat Conte datang ke Juve sebagai pelatih, 22 Mei 2011, dia pun mengeluarkan pernyataan mirip fakta integritas dan hal itu yang selalu diinginkan keluarga Agnelli turun temurun. “Sejarah Juventus mengajarkan bahwa di sini Anda harus menang. Itu saja.” *** Melatih Juventus adalah nazar dan impian yang tersalurkan bagi Conte. Saat memulai karinya sebagai pelatih tahun 2005 di Siena dia menyampaikan resolusi. “Saya mulai melatih dari nol dan ingin meraih puncak kejayaan. Menjadi pelatih Juventus adalah impian saya. Jika dalam tiga atau empat tahun saya tidak berhasil meraih level tertinggi maka saya akan berhenti melatih.” Sejak ditangani Conte, Juventus jadi tim yang cara mainnya tetap berani menyerang, tapi memiliki pertahanan yang kokoh. Tak pelak, Conte telah memberikan tiga gelar prestasi gemilang bagi Juve. Juara Seri A 20112012 dengan rekor tanpa kalah, juara Piala Super Italia 2012 dan runner up Coppa 2011-2012. Tiga gelar itu, telah membuat Conte terpilih sebagai pelatih terbaik Italia 2012. Musim kompetisi saat ini 2012-2013, Bianconeri kokoh di puncak klasemen. Berpeluang besar mempertahankan gelar. Meski Conte sempat diskorsing empat bulan,

52 buntut skandal pengaturan skor saat dia melatih Siena di Seri-B kompetisi 2010-2011. Kalau semakin lama jadi pelatih Juve, bisa-bisa Conte menyamai prestasinya saat sebagai pemain. Memberikan 11 gelar juara bagi Juve, lima di antaranya juara Seri-A. Kehebatan pria yang sering dibekap cedera saat jadi pemain itu, tidak hanya di level domestik. Ia juga berhasil membawa Juve lolos ke 8 besar Liga Champions 20122013 tanpa pernah kalah dalam delapan laga. Kemenangan terakhirnya 7 Maret lalu, ketika di leg kedua perempatfinal menghempaskan Celtic 2-0 untuk melengkapi agregrat kemenangan 5-0. Prestasi-prestasi tersebut menuai kekaguman dari klub luar Italia. Chelsea, Real Madrid, bahkan Manchester United diisukan mengincarnya. Kebetulan tiga klub besar itu, bakal menggantikan pelatih masing-masing. Conte mengetahui rumor itu dan tersanjung. "Itu berarti bahwa kami bekerja dengan baik. Mereka membuat pimpinan Juventus senang juga, karena

Antonio Conte

EDISI 7, Minggu III maret 2013

matabola itu berarti bahwa Juventus telah memilih dengan benar satu setengah tahun yang lalu. Tapi saat ini saya hanya berpikir tentang Juventus, untuk membangun kembali diri kami di Italia dan untuk melakukannya dengan baik di Eropa"," ujar Conte kepada Sky Sports Italia. Saking hebatnya, orang yang paling dibenci oleh pelatih di Italia, Maurizio Zamparini harus ikut pula menyampaikan pujian. Pemilik Palermo, yang selalu memecat pelatih klubnya sekehendak hati itu, sangat terkesan dengan cara bermain dan mentalitas Juventus dalam setiap laga sejak ditangani Conte. "Saya melihat Juve bermain hebat melawan tim yang kuat. Saya terkesan dengan ritme serta permainan mereka yang dinamis. Saya rasa mereka bisa jadi protagonis tahun ini dan bukan mustahil akan mencapai final Liga Champions. Anda harus memberikan pujian kepada Antonio Conte untuk semua itu," puji Zamparini. Kekaguman berbuah pujian dan berisu spekulasi bakal hengkangnya Conte. Tapi pernyataan bek Juventus, Leonardo Bonucci layak disimak. Bonucci yakin pelatihnya itu tak akan pergi. "Dia seorang Juventino sejati. Dia memiliki itu dalam DNA-nya. Impiannya adalah bertahan di klub ini selama mungkin," kata sang bek seperti dikutip

Tuttosport. Legenda Juventus asal Prancis, Michael Platini pun langsung mengimpikan bakal menyerahkan tropi Big Ear Liga Champions 2013 ke pasukan Conte. "Saya memasukkan Juventus kedalam kandidat juara. Juventus saat ini sangat kuat dan saya mengagumi identitas mereka. Mereka bermain dengan sembilan pemain Italia di lapangan," tutur Presiden UEFA itu. Ya, dari 25 pemain utama Juve kini, hanya delapan orang pemain asing. Makanya tak heran, Juve minimal menempatkan sembilan pemain lokal di tengah lapangan dan tentu saja, mereka Juventino sejati. "Kami adalah Juventus dan kami hidup untuk menang." Begitu yang selalu didengungkan Conte dalam setiap sesi pengarahannya. Saat membaca tulisan ini, Anda telah tahu siapa lawan Juve di 8 besar Liga Champions 2013. Juga telah mengetahui hasil Juve versus Bologna di Liga Seri-A. Apapun yang Anda ketahui, Conte dan Juve tetap berpeluang mempersembahkan trofi kedua liga itu. Karena Conte bukan hanya telah menasbihkan kemenangan sebagai misi Juve dan dirinya, tapi ditambah embel-embel lapar. "Tim ini tengah lapar dan kami harus selalu lapar, karena kami baru saja mulai untuk makan," ujar Conte.***

53

kiprah jadi spesialis

“Dokter� dirham dr. Augustine SP.pd Pelopor Pemakaian Mata Uang Dinar Dirham

Editor: Agnes Dhamayanti email : majalah@batampos.co.id

Saat memulai gerakan penggunaan transaksi dinar dan dirham Augustine diejek dan ditertawakan. Kini ia punya banyak pengikut, khususnya dari kalangan dokter.

T

angannya tak lepas dari Ipad. Berkali-kali ia memotret apa saja yang melintas di depan matanya. Bagai seorang fotografer, ia bergerak kesana-kemari memilih angel. Usianya yang sudah setengah abad, tak mempengaruhi fisiknya. Ia tetap berjalan dengan cepat. Bergerak tanpa henti mengitari satu per satu stand di Pasar Sultan Bintan, Seijang, Tanjungpinang. Hari itu, untuk kedua kalinya Augustine, seorang dokter spesialis penyakit dalam, menggelar pasar yang menggunakan mata uang dirham untuk transaksi. ''Ini perjalanan panjang sejak lima tahun lalu. Sangat sulit sekali mengenalkan dirham sebagai mata uang. Bahkan saya saja diejek, diketawain. Katanya mau naik unta lagi ya,'' cerita Augustine.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

54 Augustine mengaku sedih, karena melihat begitu banyak orang yang tidak mengerti manfaat dinar dan dirham ini. Memang, bagi mereka yang sudah berpenghasilan cukup atau sudah di zona nyaman, tidak akan peduli. ''Harga naik atau naik turun nilai uang tidak akan berpengaruh bagi mereka. Maklum saja uang mereka banyak,'' kata wanita berkacamata ini. Padahal, kata Augustine, kalau mereka yang sekarang hidup dalam zona nyaman, semuanya mau menggunakan dirham maka dipastikan perekonomian kita akan membaik. Tidak ada lagi yang akan mencetak uang sesukanya. Karena membuat uang kertas lebih mudah dan modalnya kecil. Hanya diberi warna saja. Merah, jadi seratus ribu, diberi biru jadi lima puluh ribu. Akhirnya uang kertas itu terus saja dicetak. Akibatnya inflasi. Semua harga naik. Sedangkan harga uang makin merosot. Sebagi contoh, kata Augustine, untuk membuat 100 dolar AS, hanya butuh modal 9,9 sen. Sedangkan untuk membuat satu dinar harus menyediakan modal 2,3 juta untuk membeli emas 4,25 gram. Demikian juga membuat dirham, butuh 2,3 gram emas. Karena itu, makin sulit mencetak uang baru.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

kiprah Dokter yang memiliki klinik Ibumas di Bintan Center ini, menceritakan awal mula mengenal mata uang yang digunakan sejak 14 abad yang lalu itu. ''Saya sedang di Jakarta, dan ketemu Amir Zaim Saidi. Dia adalah ketua Amir Indonesia untuk gerakan dinar dirham. Saat itu mata uang dinar baru terkenal untuk investasi saja. Belum dipakai untuk transaksi jual beli,'' katanya. Sejak tahu manfaat dirham, Augustine, mulai memakainya. Ia juga mengenalkan dirham pada rekan-rekan sejawat. ''Saya kenalin dengan dokter-dokter. Makanya Tanjungpinang paling banyak dokter-dokter yang menjadi jawara atau jaringan wirausaha dinar dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia,'' kata istri dari Ahmad Permadi, seorang konsultan. Dari data www.wakalanusantara.com, ada sekitar delapan dokter spesialis yang mau dibayar jasanya dengan dirham. Mereka itu terdiri dokter spesialis kandungan, dokter spesialis anak, dokter gigi dan dokter umum. Kata Augustine, total 44 jawara dirham di Tanjungpinang. Dengan bidang usaha yang beragam. Selain jasa dokter, ada klinik, laboratorium, toko pakaian, kantin, tiket, laundri, kursus bahasa Inggris, guru ngaji, juga penjual sembako.

55

kiprah Seperti saat digelar pasar dirham di Pasar Sultan Bintan minggu lalu, meja-meja yang disediakan terisi. ''Makin hari, makin banyak yang ingin menjalankan sunah Rasul. Yaitu memakai uang dirham dan menyimpan mata uang dinar,'' kata Augustine lagi. Banyak keuntungan dengan memiliki dirham dan dinar. Dari nilainya saja stabil. Sejak 17 Januari 2013, nilai 1 dirham adalah Rp70 ribu. Untuk 1 dinar Rp 2,3 juta. Selain itu tidak ada riba dari dinar maupun dirham. Karena proses membuat dirham dan dinar dengan modal yang sama dengan nilai mata uangnya. Dua tahun ini tugas Augustine bertambah. Sejak ditunjuk sebagai wakala (money changer) di Kepri bersama wakala yang ada di Batam. Ia punya kewajiban untuk mendekatkan dinar-dirham ke masyarakat, mengajak untuk memakai, juga menerima pembayaran. Wakala milik Augustine ada di klinik Ibumas di Bintan Center, sedangkan wakala pertama di Batam ada di Masjid Nurul Islam di Batamindo, namanya Wakala Nurul Islam. Sedangkan wakala baru bernama wakala Ghurindam ada di Kepri Center, milik Huzrin Hood. Pasar Sultan Bintan yang menjadi pasar dirham adalah wakaf dari kesultanan Bintan. Huzrin Hood, selaku Sri Paduka Tri Buana, Kesultanan Bintan. ''Sebenarnya sejak beliau menjabat sebagai Bupati Bintan tahun 2001, kita sudah mengenalkan dinar dan dirham. Namun baru sekarang pasar dinar dan dirham bisa terealisasi sejak beliau memegang gelar Sultan Bintan,'' kata Augustine. Sebagai seorang pelopor dinar dan dirham, Augustine telah mengubah kebiasaannya. ''Tahun lalu, saya berkurban dengan dinar. Alhamdulillhah dapat kambingnya gemuk. Makan siangpun juga sudah membayar dengan dirham." Bagi Augustine, banyak keuntungan yang didapat dengan memiliki dinar dan dirham. Uang yang dimilinya bernilai tetap tidak terpengaruh naik turun harga. Selama. 14 abad, 1 dinar tetap bisa membeli 1 ekor kambing. Setidak-tidaknya ia juga sudah menjalankan sunah Rasul. ***

Banyak keuntungan dengan memiliki dirham dan dinar karena nilainya sangat stabil

EDISI 7, Minggu III maret 2013

digistyle

56

mobile hotspot

Anti Nyamuk Digital N

amanya zaman digital, segala sesuatunya dilakukan dengan gadget. Termasuk juga obat anti nyamuk, kini tak lagi pakai yang dibakar atau yang disemprot. Tetapi beralih ke jenis digital. Adalah Pico Brother Limited yang turut mempopulerkan obat anti nyamuk digital bernama Anti Mosquito - Sonic Repeller untuk smartphone berbasis Android. Aplikasi yang diklaim masuk dalam top 10 di 56 negara ini menggunakan suara ultrasonik yang tidak disukai beberapa jenis nyamuk. Suara yang dihasilkan aplikasi tersebut nyaris tidak terdengar di telinga manusia karena suaranya yang sangat halus. Hanya nyamuk dan serangga yang telinganya menggunakan frekuensi suara tertentu saja yang bisa mendengar. Dengan mengaktifkan aplikasi ini, nyamuk diklaim tidak mau mendekat. Tetapi jaminan tersebut tidak 100 persen lho, karena ada 3.500 spesies nyamuk di dunia dan mungkin memiliki pendengaran yang berbeda-beda. Untuk pengguna iPhone ada Anti Mosquitoes yang digarap oleh pengembang Digitaran. Prinsip kerjanya sama dengan aplikasi untuk Android yaitu aplikasi mengeluarkan suara ultrasonik saat diaktifkan. Suara ultrasonik yang dihasilkan dijamin tidak mengganggu pendengaran manusia, tetapi sangat mengganggu pendengaran serangga terutama nyamuk betina pengisap darah. (hasanul safri)

EDISI 7, 7, Minggu IIi III maret 2013 EDISI Minggu maret 2013

57

tourism where & out

V i l l a Pa n b i l

Hunian Eksotik Para ‘Bule’ EDISI 7, Minggu III maret 2013

Editor: Fenny Ambaratih email : majalah@batampos.co.id

Jika keindahan resort biasanya hanya bisa dinikmati dalam beberapa hari saja. Tempat ini menyediakan tempat tinggal bernuansa eksotis yang bisa dimiliki selamanya hingga sampai tua. Yup, inilah Villa Panbil, sebuah komplek villa elit bernuansa 'forest ambience'.

tourism

58

where & out

M

enemukan Villa Panbil tidaklah terlalu sulit. Kawasannya bisa dicapai hanya 3 menit dari Panbil Mall, Muka Kuning. Komplek villa ini merupakan bagian dari 200 hektar Panbil Integrated Area. Memasuki pintu gerbang komplek villa ini, pengunjung sudah disambut dengan pincuran air mancur dari kolam berbentuk persegi. Hijau. Itulah warna yang mendominasi area tersebut. Memiliki kontur tanah yang berbukit-bukit, Villa panbil merupakan hunian eksotis yang dikelilingi oleh hutan alami. Angin sejuk pun bersemilir ketika Anda berada di salah satu tamannya. Dengan konsep hunian terbuka ala forest house, Villa Panbil didesain dengan khusus bagi Anda yang menginginkan nuansa alami penuh ketenangan. Villa terbagi atas empat tipe. Pertama, Bali house yang terdiri atas tipe Kuta type, Sanur type, Jimbaran type, dan ubud type. Kedua, Forest House yang terdiri dari akasia, angsana, matoa, dan mahoni. Selain itu ada villa Mediterania dan Minimalis. Fasilitas pendukung di komplek villa ini bisa dibilang lengkap, kolam renang, jogging track, play ground, fishing pond, function hall, mini golf, dan kafe. Yang unik adalah fishing pond atau area memancing. Area memancing ini dibuat benar-benar seperti di alam liar. Dikelilingi oleh pohon-pohon besar, sebuah gazebo terbuat dari kayu dibangun dipinggir kolam. Konon, dulu ada seorang pemancing yang berhasil mendapatkan ikan seukuran paha manusia dewasa. Sayangnya, ikan yang didapat dikolam ini harus dikembalikan alias tidak bisa dibawa pulang.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

59

tourism where & out

Sebuah kafe terletak tak jauh dari kolam renang. Kafe tersebut bernama Sunrise. Makanan yang menjadi favorit di kafe ini adalah pizza Pepperoni. Kafe dengan konsep western ini menjadi tempat berkumpulnya para 'bule' seusai jam kerja. Beberapa pria asing asik berbincang-bincang dengan rekannya sambil menatap sebuah layar LCD berukuran besar yang terpampang di tengah kafe menayangkan program siaran TV dari luar negeri.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

60

Merupakan rahasia umum bahwa kawasan villa elit ini banyak dihuni oleh warga asing. "Biasanya orang asing mencari tempat tinggal yang aman dan nyaman layaknya di negara mereka. Jadi setelah dikenalkan Villa Panbil, banyak yang tertarik untuk tinggal di sini," ujar Bevi Linawati, General manager Panbil Estate. Diantara mereka ada yang membeli, ada juga yang menyewa, namun kebanyakan mereka membeli. Bevi juga menyatakan bahwa proses adaptasi yang dilakukan oleh para warga asing tersebut tidaklah mudah. "Malah awalnya ada yang mengamuk-ngamuk mau pulang kampung karena tidak betah di Batam, padahal suaminya memiliki peran yang tidak kecil di salah satu perusahaan di kota ini," tambahnya. Hal tersebut merupakan tantangan besar bagi Bevi dan staff-nya agar para 'bule' tersebut menjadi betah di kawasan hunian mereka. Salah satunya adalah mereka ikut memeriahkan acara-acara yang menjadi tradisi mereka. "Misalnya pada hari Haloween, pesta Haloween dirayakan secara meriah di sini," ujarnya. Dengan semakin banyaknya warga asing yang menghuni komplek villa ini, maka muncullah sebuah komunitas bule di kawasan tersebut. Komunitas ini menjadi sebuah perkumpulan istri-istri pria asing. "Mereka sering membuat aktifitas-aktifitas yang menyenangkan seperti Yoga dan Zumba," tambah Bevi. Menurutnya, EDISI 7, Minggu III maret 2013

tourism where & out

banyaknya aktifitas bersama tersebut membuat suasana di Villa Panbil menjadi hangat dan ceria. Villa-villa ini memiliki variasi harga yang berbeda, namun secara umum harga dimulai dari kisaran Rp 700 juta. Terdapat sekitar 300 villa yang sudah selesai dibangun, namun menurut master plan mereka, ada sekitar 100 villa yang hendak dibangun.***

61

otomotif S u b a r u

Jeep Wrangler Mountain

Off-Road

Kiki Tan mendandani Wrangler Mountain miliknya dengan beragam aksesoris yang ia beli langsung dari Amerika, dengan ongkos sekitar Rp100 juta.

N

yaman dikendarai di jalan raya ataupun dibawa ke medan berat seperti lintasan off-road. Itulah kata yang keluar dari mulut Kiki Tan, pemilik mobil Jeep Wrangler Mountain tahun 2012. Dengan tunggangannya tersebut, Kiki Tan berhasil meraih juara I dan juara III kelas Perorangan American Jeep Open Class dalam kejuaraan D Super Barelang Offroad and Motorventure 2013 di Tembesi beberapa waktu lalu. Editor: M. Noor Kanwa email : kanua@batampos.co.id

EDISI 7, Minggu III maret 2013

foto-foto: M Noor Kanwa

Tangguh di Medan

62

Wrangler Mountain merupakan edisi khusus dari family Jeep Wrangler Sport. Konsep yang diusung transporter berwajah garang ini sendiri menggabungkan keandalan, performa, reliability dan safety sebuah mobil ikonik. Hadir dengan model 2 pintu dan 4 pintu. Edisi terbatas ini pernah memulai debut di Geneva Motor Show 2012, Swiss. Identitas eksterior Jeep Wrangler Mountain terlihat dari grill dan velg berwarna abu-abu logam (Mineral Grey). Namun oleh si empunya, velg asli bawaan mobil tersebut telah diganti dengan velg BD 20 inci dengan dibalut ban Toyo 35x12.50 sehingga terlihat tambah gagah dan garang. Untuk menambah kesan sebagai mobil off-road, Kiki menambahkan lipkit pada keempat shockbreaker yang menyangga mobil ini. Sehingga tinggi mobil ini bertambah sekitar 4 inci dari permukaan tanah. Kiki juga menambahkan sebuah wing (mesin penarik) merk Warn 9,5 Cti yang dioperasikan dengan menggunakan remote. Ia juga menambahkan 4 buah lampu Mopar untuk menambahkan penerangan terutama jika ia turun di medan berat pada malam hari. Bumper depan ia ganti dengan merk R-se untuk memberikan tempat pada wing yang ia pasang. Lampu belakang juga diganti dengan merek Mopar. "Untuk mesinnya sih masih standar karena menurut saya dengan mesin 3600 cc ini sudah mumpuni untuk digunakan di lintasan

EDISI 7, Minggu III maret 2013

otomotif S u b a r u

off-road," ujar Sekretaris Jeep Club Adventure Batam ini. Kemudian stiker hitam doff di kap mesin serta penutup tangki bahan bakar hitam doff juga menambah kesan gagah mobil tersebut. Side step hitam dari Mopar bawaannya dilepas oleh Kiki. Menariknya, sebuah decal bertuliskan Mountain di kanan-kiri kap mesin, memiliki arti spesial untuk Indonesia. Sebab, di samping tulisan Mountain tersebut, tergambar siluet pegunungan Puncak Jaya Wijaya yang berada di Pulau Papua. Tidak hanya itu, sederetan angka di bawah graphis Mountain menandakan koordinat garis lintang dan garis bujur dari pegunungan puncak Jaya Wijaya-pengunungan tertinggi di Indonesia. Meski memiliki ornamen body bernuansa Indonesia, bukan berarti Jeep Wrangler Mountain hanya dijual di Indonesia. Tapi, Jeep Wrangler Mountain dipasarkan secara global, yang tentunya dengan ornamen bernuansa Indonesia. Sementara di bagian interior, khususnya di sandaran punggung kursi depan-belakang terbordir siluet pegunungan serta aksen jahitan berwarna silver. Jeep Wrangler Mountain sendiri telah dibekali dengan 6 speaker plus 1 subwoofer lansiran Infinity lengkap berikut amplifier

63

368 watt, untuk kenyamanan berkendara. Tak puas dengan sound sistem bawaannya, Kiki Tan menambahkan sebuah power monoblock dan sebuah subwoofer merk MA Audio. Untuk setir dan tuas transmisi berlapis kulit. Aksen sebagai mobil off-road sangat terasa di dalam kabin mobil ini yang telah dibekali dengan besi pengaman (rollbar) yang mengelilingi bagian kabin. Kiki juga mengatakan, semua asesoris yang ia pasang di Wrangler Mountain miliknya tersebut ia beli secara online dari Amerika tempat dimana jeep ini berasal. "Jadi semua merupakan asesoris asli keluaran dari Jeep. Untuk total biaya modifikasi sih sekitar Rp100 juta," ungkapnya. Jeep Wrangler Mountain disokong mesin 3.6-liter V6 Pentastar. Mesin ini sanggup hasilkan tenaga 285 hp dengan torsi puncak mencapai 347 Nm. Performa mesin ini disalurkan melalui transmisi otomatis 5 percepatan berfitur ERS (Electronic Range Selector). Untuk menguasai dunia off-road, terpasang axle depan Dana 30 dan Dana 44 untuk axle belakang. Transfer case Command-Trac NV241, 2-speed selector adalah perlengkapan standar dengan rasio low-range 2.72:1. Meskipun juara dalam kejuaraan D Super Barelang Offroad and Motorventure 2013, ia mengaku belum lama terjun menjadi offroader. Kiki mengatakan ia mulai munyukai dunia offroad semenjak ia menggunakan mobil Wrangler Mountain ini yakni sekitar enam bulan yang lalu. Selain aktif dalam dunia off-road, saat ini Kiki bersama dengan rekan-rekannya di Jeep Club Advanture Batam berencana untuk menggelara touring bersama yang akan melintasi negara Singapura, Malaysia hingga Thailand. "Sekarang surat-surat izin touring-nya sedang kami urus dan dalam jangka waktu dekat ini saya dan kawan-kawan akan menggelar touring ke Lagoi, Bintan," tambahnya.***

EDISI 7, Minggu III maret 2013

otomotif S u b a r u

tekstasi

64

s a j a k

Sajak Tomas

Transtromer

Lansekap Matahari

Matahari menggelincir di sisi rumah berdiri di batas tengah jalanan dan nafasnya mendengus di atas kita mengembuskan angin merah. Innsbruck, mesti kutinggalkan engkau. Tapi besok hari, akan ada matahari berpendaran di tengah hutan abu-abu di sana kita kelak bekerja dan hidup.

III maret 2013 EDISI 7, Minggu IiI

65

tekstasi s a j a k

Setelah Kematian Seseorang Sekali pernah ada yang menyentak yang tercecer dari pendar pudar ekor kemukus. Kita ada di sana. Gambar TV buram dibuatnya. Lalu ia menyisa sendiri sebagai tetes beku di angkasa. Kau masih bisa jejaki jejaknya di langit matahari musim dingin di antara belukar berdaun sisa tahun sebelumnya. Lihat, mereka bagai robekan halaman buku telepon tua nama-nama habis dimakan dingin udara. Masih terasa nikmatnya, merasai jantungmu berdebar. Tapi seringkali bayangan terasa lebih nyata dari tubuh sendiri. Sebilah samurai tampak tak lagi terperhitungkan ketika ada di sisi baju besi hitam bersisik naga.

Solitude II Aku sudah jalan, sebentar tadi di pada beku, padang Swedia ada aku tak melihat seorang pun ada. Di bagian lain dunia manusia lahir, hidup dan mati dalam himpit kerumun yang sama Berebut tampak sekurun masa, hidup dalam keriapan mata meniscaya menjejakkan tanda di wajah. Rautmuka tertimbun lapis tanah. Ada ringan suara naik lalu jatuh lagi seketika saat bersurai mereka surga, bayang-bayang, butiran pasir. Aku menjadi menjadi aku sepuluh menit saja setiap pagi sepuluh menit lagi setiap malam, dan tak ada yang mesti dilakukan! Kita saling menanti ulur tangan dalam baris antri Berjuta-juta. Satu.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

tekstasi

66

s a j a k

Jejalur Rel Sinar bulan, 2 a.m., kereta tak lagi beranjak berhenti di luar jarak. Di luar cahaya semarak, terang dari kota, mengerdip dingin di cakrawala.

Nocturno Aku menangisimu malam itu, rumah sesak hingar suara jalanan, kami terbangun dan limbung. Rumah, cahaya, berkakuan, pakaian perempuan di lantai, inilah pulau kehidupan kita. Lelaki membelalaki aku pada cuaca yang gagal, menghabiskan uang sebatas uang untuk ikan dan unggas. Jalan jatuh ke nestapa lebih ringkas daripada jalan menjauhinya. Desa itu pasang mata pada misteri terlarang, misteri tak termasuki. Di luar taman ada gerbang menyembunyi buah melon dalam baju belang. Langkah kita riuh mendekat tuju ke musim dingin. Ada teater kebisingan dan kecupan. Cinta itu tak pernah masuk akal! Tahu, burung tahu. Aku menunggu musim panas, aku ingin bikin gereja dan ruang sekolah tanpa jam, jendela membuka ke angin. Di musim semi tak ada mimpi tentang samudera, kita sudah lupa untuk memulai dengan kemaafan.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

Ketika dia jatuh jauh ke dalam mimpi-mimpi dia tak akan pernah ingat lagi dia pernah ada di mimpi mana, ketika dia kembali terjaga. Atau ketika dia jatuh jauh ke sakit yang aduh, ketika hari-hari menjadi kerdip-percik cahaya, sekeriap, sayup, gemetar dingin di cakrawala. Kereta bergeming, berdiam, segeming-gemingnya, Pukul 2: sedikit bintang, bulan teramat terang.

tekstasi

67

c e r p e n

Si Semut & Si Belalang Cerpen: W. Somerset Maugham

Di

masa kanak-kanak, aku pernah diminta menghafal beberapa buah dongeng karya La Fontaine; lantas setelah itu pelajaran moral dari dongeng-dongeng tersebut akan dijelaskan secara detail kepadaku. Di antara belasan dongeng yang kuhafalkan, ada satu yang berjudul Si Semut dan Si Belalang*—yang pada intinya berusaha untuk menanamkan pelajaran berharga kepada anakanak bahwa kerja keras selalu membuahkan hasil, sementara kemalasan hanya akan membawa petaka. Di dalam dongeng yang menarik ini (sebelumnya aku mohon maaf karena harus menceritakan lagi dongeng yang seyogyanya sudah diketahui semua orang) Si Semut menghabiskan musim panasnya bekerja keras mengumpulkan makanan untuk persiapan musim dingin; sementara Si Belalang duduk melamun di atas selembar daun sambil bernyanyi riang ke arah matahari. Ketika musim dingin tiba, tentunya Si Semut sudah siap dengan segala bekal yang ia kumpulkan sendiri; sementara Si Belalang tak punya apa-apa, dan karenanya harus meminta sumbangan makanan dari Si Semut. Maka Si Semut pun menjawab dengan santai: “Memang apa saja kerjamu selama musim panas?”

Si Belalang. Bahkan, saking kesalnya terhadap Si Semut, aku tak pernah ragu menginjak setiap ekor semut yang kutemui. Seiring berjalannya waktu, aku juga menemukan bahwa reaksiku terhadap kisah Si Semut dan Si Belalang ternyata cukup manusiawi—karena sejak kecil aku berusaha menolak standar moralitas yang terkadang menjerumuskan, dan memilih untuk bersandar pada akal sehat dan kebijaksanaan. Aku terpikir akan dongeng karya La Fontaine saat bertemu dengan George Ramsay belum lama ini di sebuah restoran. Pria itu tengah menyantap makan siang seorang diri. Aku tidak pernah melihat orang sesedih itu. Matanya menatap ke udara kosong. Tampaknya ia sedang memikul beban dunia di pundaknya. Aku merasa kasihan padanya: dan langsung menduga bahwa adiknya pasti membuat masalah lagi dalam hidupnya. Maka aku menghampiri George dan mengulurkan sebelah tangan. “Apa kabar?” tanyaku. “Ya begitulah,” jawabnya lemah. “Aku sedang lesu.”

“Aku bernyanyi untukmu. Aku bernyanyi sepanjang siang dan malam.” “Kau bernyayi? Kalau begitu sekarang kau tinggal berdansa.”

“Karena Tom?”

Tentunya saat itu aku tidak melihat ada yang salah dengan Si Belalang, karena aku mengamati kisah tersebut dari sudut pandang anak kecil yang belum mengerti pertimbangan moral dunia. Di masa itu, aku menolak untuk menerima pelajaran moral yang hendak disampaikan si penulis; dan justru berpihak pada

“Ya, karena Tom.”

EDISI 7, Minggu III maret 2013

George mendesah.

“Kenapa tidak kau telantarkan saja dia? Toh kau sudah melakukan semua yang bisa kau lakukan untuknya. Harusnya kau tahu dia sudah tidak bisa ditolong lagi.”

tekstasi

68

c e r p e n

Kurasa setiap keluarga pasti punya anggota yang dikambinghitamkan. Selama dua puluh lima tahun, Tom selalu membawa masalah bagi keluarga Ramsay. Awalnya, Tom menjalankan kehidupan yang lurus-lurus saja: ia punya usaha sendiri, lalu menikah dan memiliki dua orang anak. Keluarga Ramsay adalah keluarga yang terpandang dan semua orang mengira bahwa Tom Ramsay juga akan memiliki karir yang gemilang dan sukses. Namun suatu hari, tanpa peringatan, ia memutuskan bahwa ia tidak suka bekerja dan tidak cocok untuk dikekang dalam sebuah ikatan pernikahan. Dia ingin menikmati hidupnya tanpa campur tangan orang lain. Dan dia tidak mau mendengarkan penjelasan siapapun. Maka ia meninggalkan keluarga dan usahanya. Saat itu Tom punya cukup uang untuk bepergian dari satu kota ke kota lain di sepanjang benua Eropa. Tak lama, gosip pun beredar di lingkungan sekitar keluarga Ramsay tentang kegiatan Tom di luar negeri. Hal ini membuat keluarga dan kerabatnya terkejut setengah mati. Ternyata Tom sibuk berhurahura. Mereka menggelengkan kepala dan bertanya-tanya apa yang akan dilakukan Tom saat uangnya habis tak bersisa. Tapi Tom tak hilang akal: ia berhutang. Daya tarik dan kharismanya ternyata cukup berguna. Aku belum pernah bertemu orang yang bisa begitu mudah mendapat kepercayaan orang lain. Ia menerima sumbangan reguler dari teman-temannya; dan dia adalah jenis orang yang mudah sekali berteman. Namun Tom selalu berkata bahwa uang yang dibuang untuk keperluan sehari-hari sungguh tak berarti, dan bahwa cara terbaik untuk menikmati uang adalah dengan menghamburkannya untuk kemewahan. Demi mendapatkan kemewahan tersebut, Tom bersandar pada kakaknya, George. Terhadap kakaknya, Tom selalu menggunakan daya pikat yang bisa membuat siapa saja bertekuk lutut. George adalah orang yang terpandang. Satu, dua kali ia tersandung oleh janji-janji yang diumbar Tom dan pada akhirnya setuju menyumbangkan sejumlah uang yang bernilai cukup besar untuk membantu ‘usaha’ adiknya. Namun, bukannya memulai usaha, Tom justru menghabiskan uang tersebut untuk membeli motor dan perhiasan. Dan ketika George sadar bahwa adiknya takkan pernah kembali ke jalan yang benar, ia pun memutuskan untuk lepas tangan. Sekali lagi, Tom tak habis akal dan mulai memeras kakaknya. Apa jadinya bila suatu hari salah satu rekan kerja George—seorang pengacara terpandang— menemukan bahwa adik kandungnya bekerja sebagai seorang bartender di bar murahan atau sebagai supir taksi? Tom mengatakan bahwa tak ada yang hina tentang pekerjaan sebagai bartender ataupun supir taksi; tapi jika George sudi menyumbangkan uang sebesar beberapa ratus poundsterling, maka tentunya kehormatan keluarga akan lebih terjaga. Mau tak mau, George akhirnya mengalah dan memberikan uang yang diminta adiknya. Suatu kali, Tom pernah hampir masuk penjara. George sangat sedih. Ia mengetahui semua duduk permasalahannya dan memutuskan bahwa kali ini Tom sudah keterlaluan. Bukanlah hal yang mengejutkan bila Tom dituduh sebagai pribadi yang liar, egois ataupun ceroboh; tapi ia belum pernah melakukan sesuatu yang bersifat ilegal. Dan bila permasalahan itu masuk ke pengadilan, tentunya Tom akan dijatuhi hukuman penjara. Bagaimana mungkin George bisa membiarkan adiknya masuk

EDISI 7, Minggu III maret 2013

penjara? Pria yang ditipu oleh Tom bernama Cronshaw; dan ia sangat kukuh hendak menghukum Tom. Cronshaw memaksa akan membawa permasalahan tersebut ke pengadilan; ia juga mengatakan bahwa Tom adalah seorang penjahat yang harus diberi pelajaran. Demi menyelesaikan permasalahan itu, George harus mengurus banyak hal dan mengeluarkan uang sebesar lima ratus poundsterling. Aku tidak pernah melihat George marah besar seperti saat ia mengetahui bahwa Tom dan Cronshaw pergi ke Monte Carlo berdua begitu cek yang diberikan George telah cair. Selama sebulan, Tom dan Cronshaw bersenang-senang di sana. Tak terasa, dua puluh tahun berlalu. Selama itu pula Tom sibuk berlomba dan berjudi, menghamburkan uang bersama para gadis cantik, berdansa, bersantap di restoran-restoran termahal dan mengenakan pakaian terbaik. Ia selalu terlihat rapi dan necis seolah baru saja keluar dari butik. Meskipun usianya sudah 46 tahun, namun takkan ada yang mengira dia berusia lebih dari 35 tahun. Ia juga merupakan teman bicara yang sangat menyenangkan; dan meskipun orang yang ada di sekitarnya tahu bahwa dia tak punya uang banyak, namun mereka selalu menikmati kebersamaannya. Tom adalah orang yang periang; caranya berjalan juga sangat gagah dan daya tariknya amat memikat. Aku tidak pernah menolak uluran tangannya dalam hal bersosialisasi. Lebih dari itu, setiap kali aku meminjamkan uang kepadanya, justru aku yang merasa berhutang terhadapnya. Meskipun jumlahnya tak besar, hanya lima puluh poundsterling. Tom Ramsay kenal semua orang dan semua orang mengenalnya. Sah-sah saja bagi siapapun untuk tidak menyukai gaya hidupnya; namun itu tak berarti mereka tidak menyukai pribadinya. Kasihan George. Walau usianya hanya terpaut satu tahun dengan Tom, namun ia tampak seolah usianya sudah 60 tahun. Selama dua puluh lima tahun terakhir, George tak pernah mengambil jatah cuti lebih dari satu hari setiap tahunnya. Setiap pagi ia sudah ada di kantor pada pukul 9.30 dan pulang pada pukul enam sore. Ia adalah pekerja yang jujur, giat dan pantas dibanggakan. Ia memiliki istri yang baik hati; dan George tidak pernah sekali pun mengkhianati kepercayaan istrinya. Ia juga memiliki empat orang anak perempuan yang sangat dia cintai. Setiap bulan, George menyimpan sepertiga dari gajinya sebagai dana pensiun. Di usia ke-55 nanti, ia berencana untuk pindah ke rumah sedernaha di daerah pedesaan dan hidup tenang sambil bercocok tanam dan bermain golf. Hidupnya tak ada cacat. Ia juga senang menyambut hari tuanya, karena itu artinya Tom pun harus menghadapi masa-masa penuaan. George mengusap kedua tangannya dan berkata: “Saat dia masih muda dan tampan, Tom bisa hura-hura seenaknya. Tapi usianya hanya setahun di bawahku. Empat tahun lagi, dia akan berusia 50 tahun. Hidup takkan terkesan begitu mudah di usia itu. Saat aku merayakan ulang tahunku yang ke-50 nanti, aku sudah punya tabungan sebesar tiga puluh ribu poundsterling. Selama dua puluh lima tahun terakhir aku sudah bilang berkali-kali bahwa suatu hari Tom akan kena batunya. Nanti coba lihat apa reaksinya kalau sudah begitu. Kita lihat apakah kerja keras yang membuahkan hasil, atau hidup bermalas-malasan.” Kasihan George. Aku sungguh bersimpati terhadapnya.

tekstasi

69

c e r p e n

Sekarang saat kami duduk berhadapan di meja restoran, aku bertanya-tanya kekacauan apa lagi yang telah disebabkan oleh Tom. George tampak kelewat sedih. “Kau tahu apa yang terjadi sekarang?” tanya George. Aku menyiapkan diri untuk berita yang terburuk. Apakah polisi sudah menangkap Tom dan menjebloskannya ke penjara? George nyaris tak bisa berbicara. “Kau tahu bahwa seumur hidupku aku selalu bekerja keras, berusaha jadi orang baik yang terhormat dan taat peraturan. Hidupku juga lurus-lurus saja. Setelah bekerja giat selama puluhan tahun dan rajin menyimpan uang, kini aku akan pensiun dengan sisa uang yang lebih dari cukup untuk memberiku sedikit kemewahan. Aku selalu melakukan tugas-tugasku dengan baik dan bertanggung jawab. Oleh sebab itu, Nasib juga berbaik hati terhadapku,” ujar George. “Benar,” kataku. “Dan kau juga tahu bahwa Tom adalah orang yang malas, tak bertanggung jawab, tak terpandang dan tak punya tujuan hidup. Kalau ada keadilan di dunia ini, sekarang dia sudah dihukum kerja paksa sampai mati.”

“Benar,” kataku. Lantas wajah George berubah kemerahan. “Beberapa minggu lalu,” lanjutnya. “Dia bertunangan dengan seorang wanita yang cukup tua untuk jadi ibunya. Belum lama wanita itu meninggal dan mewariskan seluruh harta kekayaannya untuk Tom. Setengah juta poundsterling, sebuah perahu yacht, sebuah rumah di tengah kota London dan sebuah rumah di pedesaan.” George Ramsay mengepalkan tangan dan menghantam permukaan meja keras-keras. “Tidak adil!” serunya. “Pokoknya, tidak adil. Sial!” Aku tak bisa menahan diri. Tawa itu menggelegar dari dalam perut dan tenggorokanku. Kutatap wajah George yang penuh dendam. Aku tergelincir di atas kursi dan nyaris terjungkal. George tidak pernah memaafkanku karena telah menertawainya. Tapi Tom sering mengundangku makan malam di rumahnya yang mewah di Mayfair; dan bila sesekali dia meminjam sedikit uang dariku, itu bukan karena dia membutuhkannya—melainkan karena dia terbiasa meminjam uang dariku. Jumlahnya pun tak pernah lebih dari satu poundsterling.

KETERANGAN: * Cerita berjudul The Ant and the Grasshopper hadir dalam kumpulan Aesop’s Fables dan diceritakan kembali oleh seorang penyair, Jean de La Fontaine. Cerita ini menghadirkan banyak kontroversi di antara para sastrawan dan kritikus karena menurut mereka sikap Si Semut kurang dermawan terhadap Si Belalang yang sedang kesusahan; meskipun secara umum kisah ini diterima sebagai contoh pelajaran yang baik bagi anak-anak untuk mengerti arti kerja keras. Sejumlah penulis—seperti W. Somerset Maugham, James Joyce, John Updike, John Ciardi, dan Roland Bacri (serta sederetan sastrawan lain)—telah mengadaptasi kisah dongeng ini menjadi cerita pendek atau puisi dengan barometer moral yang berbeda-beda.

CATATAN : * Cerita pendek ini bertajuk The Ant and the Grasshopper karya W. SOMERSET MAUGHAM yang pertama kali diterbitkan oleh majalah COSMOPOLITAN pada tahun 1924. * W. SOMERSET MAUGHAM adalah seorang penulis drama panggung, novelis dan cerpenis asal Inggris. Karyanya yang paling ternama berjudul OF HUMAN BONDAGE diterbitkan pada tahun 1915. Semasa hidupnya, ia dianggap sebagai penulis paling aktif dengan bayaran tertinggi pada periode 1930an. Diterjemahkan oleh : Maggie Tiojakin dimuat Fiksi Lotus

EDISI 7, Minggu III maret 2013

70

mautahu

Jumlah Hotel

di

Kepulauan Riau

Sumber: BPS Kepri

EDISI 7, Minggu III maret 2013

71

Segantang Minda

RUMAH KITA BUKAN RUMAH ‘KAMI’ oleh: Muchid Albintani

EDISI 7, Minggu III maret 2013

DALAM pidatonya, berulangkali mantan PM Malaysia, Mahathir Mohammad selalu mengingatkan orang ‘Melayu’ dengan membandingkan Orang India dan China di Malaysia. Apabila ada persoalan besar yang dihadapi Malaysia, Orang China dapat pulang ke Tanah Leluhur (Tanah Induk), begitu pula Orang India. Berbeda dengan orang ‘Melayu’, nak pulang ke mana? “Inilah tanah Kami”.

72

Segantang Minda

S

EDISI 7, Minggu III maret 2013

ekilas tanpa pencermatan yang arif, seolahsyukur? Boleh jadi kita lupa bahwa banjir, olah peringatan PM Mahathir kepada Orang debu bouksit, jalan rusak, limbah minyak, ‘Melayu’ sebagai yang rasis, tendensius, kekurangan air adalah bagian kecil dari provokasi atau hal negatif lainnya. Padahal kelalaian dan kebodohan para pemimpin bila hendak dicermati dengan arif dan bijak, membuat kebijkan? Para pengusaha yang ucapan PM Mahathir merupakan pesan ingin cepat kaya sendiri? Para cerdik pandai penting bagi Bangsa Malaysia yang memang yang tak lagi peduli? Tokoh masyarakat dan berbilang kaum dalam menjaga keutuhan adat yang banyak intervensi? Para generasi dan integritas di Malaysia. muda yang sibuk berdemontrasi eh.. maaf, Memaknai ucapan Mahathir sebagai berdemokrasi? Dan para wakil yang meniniktibar (pelajaran) dalam hubungannya ggalkan rakyatnya? dengan menjaga keutuhan Kepulauan Riau Kalau boleh saran, sudah sepatutnya (‘Rumah Kita’) teramat sangat perlu untuk pelbagai pertanyaan tersebut menjadi pendirenungi. Sebab keberagaman (pluralisme) dorong bagi semua pihak untuk menyadari adalah bagian dari kehendak Allah (sunatulsejatinya bahwa Kepulauan Riau adalah lah) yang tak dapat dimungkiri. Menjadi Rumah Kita, bukan rumah Kami. Sehingga orang China, India atau Melayu di Malaysia, semua pertanyaan tadi menjadi bertolak bukanlah kehendak manusia. Jikalau diperbelakang dan tidak benar! kenan, Saya ingin terlahir menjadi Rumah Kita, bukan Rumah Kami, anak Sultan Hasanah Bolqiah, menjadi pondasi keluhuran Raja Kaya Raya dari Brunei yang memedomani teks Darussalam. Namun, Proklamasi Indonesia Warga Kepulauan Riau keinginan tersebut yang menggunakan tak lagi penting insebuah hal yang tidak perkataan kami, bugin memperlihatkan mungkin (mustahil). kan Kita. Perkataan keakuan siapa Kami. Oleh karena itu Kami tersurat untuk Sebab sejarah menundaripada selalu menunjukkan eksisjukkan bahwa Kepumempersoal dan tensi bangsa Indolauan Riau dibangun dan memperdebatkan nesia kepada bangsa berdiri di atas pluralisme yang tidak mungkin lain. Lalu, untuk (keberagaman) (impossible) yang sangat menunjukan kecintaan menguras tenaga, mensemua orang yang menjadi gapa tidak alihkan saja perdewarga Kepulauan Riau (hidup batan itu kepada hal yang lebih mati di tanah ini), istilah Kita menkonstruktif (membangun). Bagi Saya memjadi penting, dan bukan lagi Kami. bincangkan perihal ‘Rumah Kita’ adalah Artinya, warga Kepulauan Riau tak lagi sesuatu yang lebih penting, prospektif dan penting ingin memperlihatkan keakuan masa depan. Ini disebabkan ‘Rumah Kita’ siapa Kami. Sebab sejarah menunjukadalah bagian tak terpisahkan dari kehidukan bahwa Kepulauan Riau dibangun dan pan dan lingkungan Kita. Sudah merupakan berdiri di atas pluralisme (keberagaman) kewajiban kita untuk mencemaskan perihal yang bertanggungjawab untuk menjadi keberadaan lingkungan (Rumah) kita yang kesinambungan dan keberadaan Rumah sedang porak-poranda, tersadai berkecai(kampung) Kita, bukan Rumah Kami. Oleh mecai dan rusak parah. karenanya, maka janganlah ada dusta lagi Tak pernahkah kita memahami kerusakan di antara Kita. lingkungan di seputaran kita yang sedang Pasal Keduabelas Gurindam Sang Pumiris? Tak pernahkan kita merenungi sumjangga Agung, Raja Ali Haji, mengingatkan, ber daya alam yang seharusnya bermanfaat “Raja muafakat dengan menteri, seperti dan menjadi anugerah berbelok jadi benkebun berpagarkan duri.” Maka maknailah cana di Rumah (lingkungan) kita? Bukankah pesan Sang Pujangga Agung itu dalam konini semua mempertontonkan rasa tidak berteks kekinian. Suai! ***

73

leader

Bisnis dengan

Passion

Sampe Siburian

General Manager (GM) PT Jago Batt Batam EDISI 7, Minggu III maret 2013

74

leader

Insting bisnisnya teruji. Terbukti, ia tidak ragu menekuni bisnis baru yang sama sekali belum pernah dilakoni. Jika sebelumnya menekuni bisnis waralaba minuman kopi, ia banting setir ke bisnis aki. Meski mengaku banyak menemui kendala, ia pantang menyerah. Kerja kerasnya terbayar. Bisnis aki yang dilakoninya sukses.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

U

sai jam kantor, Ratih Suzannah, 26, bergegas pulang ke rumahnya, Rabu (13/3) sore. Ia istirahat sebentar kemudian menyiapkan barang pesanan pelanggannya, dua set slimming suit. Dari rumahnya, pegawai Badan Penanaman Modal Kota Batam ini, menuju perumahan KDA Jalan Nuri 1 No.2, Batam Centre. Di sinilah, Ratih Suzannah mengendalikan bisnisnya. Ia memiliki beberapa lini bisnis. Mulai bisnis online, rental mobil, bisnis kuliner (angkringan), hingga yang terbaru distributor keripik Aziz Gagap. ''Saya mau mengantar slimming suit ini untuk pemesan. Ini salah satu produk untuk bisnis online saya,'' kata wanita yang biasa disapa Ratih ini sembari menunjukkan dua set slimming suit. Untuk bisnis online, Ratih menjual beberapa produk. Selain slimming suit Natasha Slimming buatan Taiwan, ia juga menjual kosmetik impor, aksesoris, bros, jilbab, dompet, dan tas. Lima produk yang disebut terakhir adalah buatan sendiri dan memakai merek sendiri. Mereknya Naynay. ''Slimming suit ini yang best seller. Paling tidak 20 set pesanan tiap bulan, disusul kosmetik, jilbab, dan aksesoris,'' ungkapnya.

75

leader "Bisnis itu harus dengan passion. Apalagi, saat itu saya menekuni bisnis baru yakni aki yang sama sekali tidak berkaitan dengan bisnis kuliner yang saya lakoni sebelumnya," kata Sampe memberi tips bisnis. Ia lantas menggabungkan passion dengan falsafah dalam bisnis. Sampe mengaku ada lima falsafah bisnis yang dijalankan. Dukungan keluarga dalam bisnis pun diakui punya peran yang sangat besar. Apa saja strategi yang dijalankan dalam bisnis? Apa kendala yang dihadapi? Sampe mengungkapkan secara lugas kepada wartawan Majalah Batam Pos, Herry Sembiring. Berikut ini petikan wawancaranya: Sejak kapan Anda memutuskan terjun ke dunia bisnis baterai (aki)? Desember 2009. Sebelumnya saya sudah melakukan penjajakan bisnis sejak awal tahun 2009, tapi memang realisasinya tidak terlalu cepat. Perlu pertimbangan-pertimbangan di antaranya apa nilai tambah yang diperoleh dengan berbisnis aki. Pertimbangan itu karena selama ini sudah banyak pebisnis yang

EDISI 7, Minggu III maret 2013

terjun ke bisnis aki. Cuma saya melihat unsur pelayanannya sangat sedikit. Sebagai pelayan yang sudah lama menekuni pelayanan, saya berpikir kalau diarahkan ke service maka hasilnya lebih maksimal. Saya kemudian mengarahkan ke modern shop dengan pelayanan yang modern. Dulu kalau customer membeli aki tidak pernah ditanya mobilnya jenis apa, tahun berapa agar bisa disesuaikan dengan aki yang dibutuhkan. Berawal dari kebutuhan, kemudian faktor keluarga yang berada di Medan, Batam, Jakarta dan Surabaya sehingga banyak pertukaran informasi bisnis satu dengan yang lain. Dari sekian banyak bisnis yang masuk akal untuk dilaksanakan saat itu, yakni bisnis aki. Kenapa memilih, apa pertimbangannya? Yang pertama pertimbangannya adalah bagaimana kerjasama dengan pabrik, bagaimana mobilitas pengiriman barang. Kenapa? Karena produk tersebut tidak diproduksi di Batam tapi semuanya dikirim dari luar kota. Ketiga adalah pangsa pasar yaitu apakah apakah cukup memberi

76 profit atau sebaliknya. Keempat kesiapan menyangkut capital, SDM, lokasi dan manajemen. Perlu waktu enam bulan untuk menentukan pangsa pasar. Untuk pangsa pasar, targetnya juga tidak terlalu besar yakni 8-10 persen saja dan itu pun sudah sangat bagus. Jadi keputusan berbisnis itu sudah mempertimbangkan capital, dan kami menjadi perpanjangan tangan di Batam. Sebelumnya Anda cukup lama berkecimpung di bisnis kuliner lantas kenapa banting stir ke bisnis aki? Bagi saya sama saja. Prinsipnya apapun bisnis yang digeluti yang penting adalah pelayanan ke customer. Perbedaannya cuma teknik saja. Kalau dulu saat berbisnis kuliner yakni untuk membuat kopi yang enak maka air panasnya harus sekian derajat dan lainnya. Artinya customer bisa memahami penjelasan yang disampaikan. Kalau makanan yang disajikan enak maka customer akan meng-appreciate, kalau bisnis aki juga sama. Customer akan meng-appreciate jika mereka merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan. Bisnis itu mencari keuntungan cuma memang teknisnya saja yang berbedabeda saat pengerjaannya. Bukankah bisnis kuliner dan aki berbeda jauh, adakah kendala yang dihadapi? Kesulitannya tidak terlalu besar. Kenapa? Karena tidak saya yang langsung mengerjakannya. Memang jika saya yang mengerjakan teknisnya maka akan sangat sulit sekali, karena harus belajar dari a-z. Namun, saya tinggal memberdayakan SDM dengan memberikan training pada mereka, Yang cukup memudahkan saya adalah pabrik mendukung product knowledgenya. Kalau berbisnis itu yang penting sudah ada product, pasar sehingga tinggal mengelola agar bisa diterima pasar. Kendala yang dihadapi cukup banyak. Pertama adalah bagaimana merebut pasar

EDISI 7, Minggu III maret 2013

leader yang dimiliki orang lain. Pasti pertanyaanya berapa harga produk baru yang diperkenalkan ke customer apakah lebih murah atau justru lebih mahal, apa yang ditawarkan? Produk yang ditawarkan hampir sama dengan yang lain cuma perbedaannya adalah bagaimana kita menerjemahkan kualitasnya kepada pelanggan, benefit yang diterima kalau pun bisa diterima. Yang tersulit adalah bagaimana customer mau mencoba untuk pertama kali. Kalau customer belum memakai produk kita tentu saja mereka belum tahu kualitasnya, pelayanan dan benefit yang diperoleh. Setelah customer memakai produk kita maka sekarang kita harus membuktikan kualitasnya. Ini merupakan pekerjaan yang tidak ada habisnya sepanjang bisnis berjalan. Kita berupaya selalu lebih baik ke depan karena puncak yang lebih tinggi bisa dicapai jika senantiasa berupaya jadi yang terbaik. Apa falsafah yang dijalankan dalam bisnis? Menurut saya transaksi bisnis bisa berjalan karena ada lima alasan. Pertama karena harga murah, faktor diskon atau komisi dan itu pasti ditemukan dimana-mana. Faktor ketiga adalah relasi maksudnya kita kenal orang yang menjalankan bisnis dan membantunya dengan cara membeli. Keempat adalah strategi atau marketing gimmick. Misalnya suatu produk ada garansi sekian tahun,Kelima adalah kualitas. Misalnya kita mengakui satu produk punya kualitas baik,

77

maka kita akan mencari produk itu. Selama ini itulah falsafah bisnis yang saya jalankan. Kalau bersaing dengan orang lain dan harga produk kita lebih mahal maka ada step berikut yakni dengan memberi diskon. Kalau itu tidak bisa maka bisa dengan menjalankan strategi dan kalau strategi juga tidak bisa maka kita fokus pada kualitas. Kenapa? Karena kualitas itu biasanya tidak bohong. Pesaing di bisnis aki cukup banyak sementara bisnisnya tergolong spesifik. Bagaimana menyiasati persaingan? Saya mencoba memberi nilai lebih agar bisa masuk ke dalamnya. Kalau menggeluti satu bisnis tentu saja harus lebih dengan yang lain. Plus (lebih) itu maksudnya intinya harus punya passion (cita-cita). Misalnya kita harus mengambil target sekian banyak. Kalau tidak seperti itu sama saja artinya dengan mengadu nasib. Di samping itu harus ada leverage atau sepak terjang bisnis yang sudah dilakoni. Misalnya target bisa menjual 20 pieces sehari tapi karyawan cuma seorang tentu saja itu tidak mungkin. Atau berbisnis tapi tidak punya kantor juga tidak mungkin atau mau target penjualan Rp1 miliar tapi modalnya cuma Rp100 juta juga tidak mungkin. Faktor lain yang penting adalah utility (penunjang). Misalnya wartawan punya bolpen, notes dan recorder. Yang terakhir tapi sangat penting adalah kita mesti punya sistem. Kalau semua ada tapi sistem tidak ada ya berantakan juga. Sistem itu adalah manajemen yang ditunjang dengan pengaturan yang diharapkan. EDISI 7, Minggu III maret 2013

leader

Menurut Anda bisnis itu sebenarnya apa? Kesibukan yang mendatangkan hasil atau keuntungan baik jangka pendek, menengah dan panjang. Apapun yang kita kerjakan adalah bisnis. Misalnya mengantar surat, mencari orang maka itu sebenarnya sudah merupakan bisnis. Bisnis kecil, menengah atau besar sekalipun itu sama saja. Perbandingannya menjual rokok asongan itu bisnis atau malah buka toko rokok pun bisnis juga. Apa target bisnis? Kita mencari rupiah. Kedua, kita mencari persepsi atau penerimaan orang atau kehormatan dan ketiga adalah sebagai edukasi dan bagaimana kita membantu perkembangan orang lain yang berada di sekitar kita atau beramal. Siapa yang berperan mendukung bisnis Anda? Pastilah keluarga. Istri dan saudara-saudara. Mereka menjadi jurinya. Kita pasti menyampaikan strategi bisnis kepada mereka. Istilahnya dari pada ditegur juri maka kita harus menyampaikan strateginya. Setelah selesai pertandingan pun tentu saja ada komentarnya juga. Selanjutnya karyawan dan pelanggan. Kalau pelanggan tidak memberi feed back maka kita merasa sudah bagus, sebaliknya kalau mereka memberi feed back maka itu berarti mereka ingin kita maju dan lebih baik lagi. Kalau mentor bisnis tidak ada tapi kalau ada teman-teman minta advice ya tidak ada salahnya memberi. Sebab apa yang saya sampaikan juga adalah apa yang saya alami bukan belajar ke mana-mana. ***

78

gadagadu gak ada angin gak ada ujan

Agnes Monica

Pamer

Calon Pacar S

ejak membuka ‘gembok’ account Instagram-nya, Agnes Monica rajin sekali mengupload foto. Yang terbaru, pelantun Rindu dan Hide and Seek ini memajang foto seksinya di account agnezmo. "Photoshoot," kata Agnes. Beberapa fan langsung memberikan komentar positif melihat foto tersebut. "Suka banget ngeliat Kak Agnes stylenya feminin kayak gini (rambutnya diurai dan soft make-up). Kamu terlihat cantik," puji mafinamusic. "Wow kayak Jupe (Julia Perez) ya," tutur dannizza. Sebelumnya, Agnes sudah bikin heboh setelah memajang foto mesra dengan lelaki berkacamata yang belakangan diketahui bernama Ronald Steven. Dia pemain bass, pencipta lagu, dan music director yang setia mengiringi pertunjukan Agnes. Dua dari beberapa foto itu memperlihatkan Agnes sedang memeluk Steven. Foto-foto tersebut langsung dikomentari oleh lebih 10 ribu follower di twitter. Banyak dari mereka yang menanyakan siapa gerangan Steven dan apa hubungannya dengan Agnes. "Itu siapa Nez," tanya Neezarzaer. "Ada deh, hahahahhaah," balas Agnes.

6, Minggu III II maret EDISI 7, maret 2013 2013

Tak cuma penggemar Agnes yang berkicau. Vokalis Dewi Sandra pun ikut berkomentar atas foto-foto itu. "Aku sangat senang melihat kalian berdua bersama-sama," tulis Dewi. Beberapa waktu lalu, untuk pertama kali Agnes membawakan lagu Berlebihan di atas panggung sebuah event di Medan. Lagu yang sudah ditulisnya beberapa tahun lalu itu, memang belum pernah ia nyanyikan sebelumnya. Pada kesempatan tersebut, Agnes membawakan lagu sambil ditemani Steven. "And right now i'm sitting with my most favorite person," ujar Agnes seraya tertawa. (jpnn)

gadagadu

79

gak ada angin gak ada ujan

Jennifer Lawrence

Pakai Gaun

Desainer Indonesia

G

aun pengantin yang dikenakan Jennifer Lawrence dalam promotional photo Hunger Games: Catching Fire menjadi perbincangan. Banyak media internasional yang memuji keindahan gaun yang dipakai Artis Terbaik Oscar 2013 ini. Beberapa media, termasuk Hollywood Reporter, menduga gaun ini merupakan rancangan Alexander McQueen. Ternyata bukan. Trish Summerville, penata kostum dalam film Hunger Games: Catching Fire, mengungkap siapa desainer gaun yang dikenakan karakter Katniss itu. "Gaun putih milik Katniss adalah rancangan desainer Tex Saverio di Jakarta. Dia mengagumkan! Aku menemukan karyanya beberapa waktu silam dan menyimpan informasi tentangnya untuk proyek yang sesuai, lalu datanglah Catching Fire, sempurna," ungkap Summerville. EDISI 7, Minggu III maret 2013

"Kami berkomunikasi melalui skype (video call-red) untuk kerja bersama membahas sketsa desain gaun pengantin. Aku sudah pernah melihat gaun rancangannya dengan bodice metal yang mirip, dan aku ingin menggabungkannya dengan desain gaun pengantin kami," sambungnya. Rancangan Tex Saverio sudah kerap digunakan selebriti Hollywood. Tex Saverio naik daun setelah salah satu hasil karyanya dipakai Lady Gaga untuk pemotretan majalah Harper's Bazaar. Belum lama Lawrence, baru saja melakukan sebuah pemotretan untuk menjadi model di rumah mode Dior. Ia tampil total dengan sejumlah pose yang diperagakannya. Namun, Lawrence tak mau terus-terusan menjadi sosok seksi di mata sejumlah media. "Disebut simbol seks, saya tak pernah merasa diri saya seksi. Semua itu hanya membuat saya menjadi mual," serunya. (jpnn)

80

gadagadu gak ada angin gak ada ujan

Maudy Koesnaedi

Terharu Sejajar dengan Beyonce dan J.Lo

M

audy Koesnaedi didapuk jadi brand ambassador L'Oreal Paris. Itu artinya Maudy menambah daftar selebritis lokal yang bergabung dengan selebritis dunia seperti Beyonce, Jennifer Lopez, Eva Longoria, dan Jane Fonda sebagai brand ambassador L'Oreal Paris. "Aku merasa terharu sekali. Ini sebuah stepping stone yang luar biasa karena aku disejajarkan dengan bintang-bintang papan atas dunia yang menjadi brand ambassador L'Oreal," ujar Maudy, akhir pekan lalu. "Aku juga merasa sangat spesial karena namaku diperjuangkan di depan para petinggi L'Oreal di Paris," sambung si Zaenab di Si Doel Anak Sekolahan ini. Dipercaya jadi duta produk kosmetik rambut. Namun siapa sangka kalau istri Erick Meijer ini sempat punya masalah rambut yang cukup serius. "Dulu pernah EDISI 7, Minggu III maret 2013

rontok, jadi khawatir karena sudah punya anak. Banyak yang tanya, kok umur segini pakai rambut panjang. Yang lain sudah pada potong rambut," ungkap Maudy. Diakui oleh ibu satu anak ini, saking khawatir dengan kondisi rambut, ia pun memotong rambut indahnya itu. "Dulu tahunya solusi rambut rontok tuh dipotong, malah saya biasanya sebulan atau tiga bulan sekali ujung-ujungnya dipotong," kata Maudy. Namun, persepsinya sedikit demi sedikit berubah ketika melihat pengalaman saudaranya yang pernah memangkas pendek rambutnya. "Dulu kakak saya itu rambutnya panjang selutut, terus ketika dipotong pendek malah jadi mengembang gede, saya jadi takut," kata Maudy. Tak lupa, ia pun memberikan sedikit tips bagi wanita yang mengalami persoalan yang sama dengannya. "Jangan langsung dipotong, kita harus tahu dulu akar permasalahannya. Karena kalau rambut panjang itu beban akarnya berat. Tapi ketika dipotong jadi lebih ringan sehingga bikin mengembang," jelas Maudy. (jpnn)

81

gadagadu gak ada angin gak ada ujan

Michelle Williams

Ingin Jadi

Petinju

D

alam kesehariannya, penampilan Michelle Williams kerap feminin. Namun siapa sangka, bintang film Oz The Great and Powerful ini ingin akrab dengan dunia lakilaki. Cita-citanya waktu kecil dulu bukan menjadi artis yang cantik dan populer. "Di keluargaku tidak ada yang berhubungan dengan bisnis film. Aku dulu tidak punya hasrat menggebu (untuk film). Aku hanya seorang anak yang suka

EDISI 7, Minggu III maret 2013

bermain drama kecilkecilan," ujarnya. "Satu hal yang aku ingat adalah aku ingin jadi petinju, dan dari tinju menjadi artis. Aku ingin bertinju dengan pria tapi itu tidak pernah terjadi," sambung pemeran Marylin Monroe dalam My Week with Marilyn ini. Mimpinya menjadi petinju pun bukan asal-asalan. Tak ingin sekadar menjadi petinju di kelas ringan. "Aku ingin jadi petinju kelas berat. Aku tidak tertarik menonton kelas bulu. Aku besar saat Mike Tyson sedang menjadi juara. Aku menonton semua pertandingannya, juga Sugar Ray Robinson dan George Foreman," terang Williams. Soal cinta, belum lama ia putus dengan Jason Segel. Terungkap alasan putusnya karena Williams masih mencintai almarhum, Heath Ledger, si Joker fenomenal itu. "Meskipun ia melakukan hal-hal yang baik bersama dengan Jason, Michelle tidak pernah bisa berhenti mencintai Heath," ungkap sumber. Perpisahan yang menyakitkan buat Segel. Karena sang aktor sangat mencintai putri Willams, Matilda. "Ia selalu membelikan hadiah kecil, membacakan cerita dan sering bersamanya. Sayang, Jason harus patah hati karena perpisahan. Tetapi Michelle sendiri merasa baik-baik saja karena Heath," urai sumber. (jpnn)

tips101

82

Jadilah Bos

yang Disukai Menjadi atasan yang baik bukan cuma menguntungkan karyawan, tetapi juga diri sendiri. Sebab reputasi yang baik sebagai bos secara tidak langsung mampu mengantarkan Anda pada karir yang lebih cerah. Lantas bagaimana caranya agar jadi bos yang disukai karyawan? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari She Knows berikut ini:

Masukan

Salah satu kualitas terbaik seorang bos adalah mau menerima masukan dari karyawan. Jika Anda ingin menjadi bos yang berkualitas sekaligus disukai, jangan ragu untuk meminta masukan, baik positif maupun negatif, dari karyawan di kantor.

Percaya

Jangan jadi bos yang pekerjaannya hanya memata-matai karyawan. Beri kepercayaan pada mereka. Jika seandainya ada kesalahan yang dibuat, baru Anda bisa menegur karyawan. Terlalu ketat memperhatikan gerak-gerik karyawan hanya membuat mereka tidak nyaman bekerja.

Berterima kasih

Jika karyawan menunjukkan peningkatan kerja yang maksimal, sebaiknya ungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan Anda pada mereka. Caranya bisa dengan mengajak makan siang bersama di luar atau membawakan mereka makanan ringan seperti donat dan kopi.

Selalu ada

Karyawan pasti bertanya-tanya ke mana bosnya pergi jika tidak datang ke kantor atau rapat. Maka dari itu sebisa mungkin Anda harus selalu ada untuk karyawan. Kalau memang tidak bisa masuk kantor, jangan pernah lupa memberitahu karyawan. Bukan bawahan saja yang perlu pemberitahuan ketika tidak bekerja, bos juga harus begitu.

Berteman

Menjadi bos yang disukai karyawan bisa dilakukan dengan cara berteman dengan mereka. Jangan malas berbasa-basi tentang kehidupan karyawan di luar tempat kerja. Kenali setiap karyawan sebagai seorang teman agar mereka juga semakin menghargai Anda.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

tips101

83

Kendalikan

Gula Darah Anda Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, jumlah penderita diabetes tipe-2 di Indonesia pada 2010 mencapai 21,3 juta orang. Diabetes terjadi di mana kadar gula darah melambung di atas normal. Kadar gula darah yang terusmenerus tinggi pada akhirnya akan menimbulkan banyak komplikasi kesehatan yang serius. Berikut beberapa cara mencegah diabetes:

Turunkan berat badan Sekitar 80 persen penderita diabetes kegemukan dan kelebihan berat badan. Jika Anda kelebihan berat badan, pencegahan diabetes dapat bergantung pada penurunan berat badan. Setiap kg Anda kehilangan berat badan dapat meningkatkan kesehatan Anda.

04

01

Lakukan lebih banyak aktivitas fisik Ada banyak manfaat berolahraga secara teratur. Latihan olahraga dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin, yang membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal.

Kurangi lemak hewani Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 42.000 orang, diet tinggi daging merah, daging olahan, produk susu tinggi lemak, dan permen, dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes hampir dua kali dari mereka yang makan diet sehat.

05

02

Perbanyak makanan berserat Makanan berserat tidak hanya mengurangi risiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darah tetapi juga menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan ideal dengan membantu Anda merasa kenyang.

Kurangi konsumsi gula Wanita yang selalu minum satu atau lebih minuman bergula sehari memiliki hampir dua kali lipat risiko terkena diabetes daripada wanita yang hanya kadang-kadang atau tidak minum minuman bergula.

06

03

Makanlah kacang-kacangan Meskipun tidak jelas mengapa, biji-bijian dapat mengurangi risiko diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah. Dalam sebuah studi pada lebih dari 83.000 perempuan, konsumsi kacang-kacangan (dan selai kacang) tampaknya menunjukkan beberapa efek perlindungan terhadap pengembangan diabetes.

Berhenti merokok Merokok tidak hanya berkontribusi pada penyakit jantung dan menyebabkan kanker paru-paru tetapi juga terkait dengan pengembangan diabetes. Merokok lebih dari 20 batang sehari dapat meningkatkan risiko diabetes lebih dari tiga kali lipat dibandingkan orang yang tidak merokok.

07

EDISI 7, Minggu III maret 2013

84

history

5

Kisah Romantis yang Mengubah Sejarah

Mungkinkah cinta bisa mengubah dunia? Mungkin saja asal Anda adalah salah seorang dari 6 pasangan terkenal ini

1. Cleopatra dan Mark Antony Cleopatra VII dari Mesir sering diidentikkan dengan kecantikan dan pesonanya yang memikat. Namun, akhir nya politik dan hubungan romantisnya dengan jenderal Romawi Mark Antony membawa kematian keduanya dan menggulingkan dinasti Ptolemaic yang ia miliki. Pada 41 SM, Antony mengambil alih Provinsi timur Roma, dan dia memanggil Cleopatra untuk menjawab tuduhan bahwa ia telah membantu musuh-musuhnya. Berharap bisa merayu Antony seperti yang ia lakukan pada Julius Caesar, Cleopatra keluar dari kapalnya yang megah dengan berpakaian seperti Venus, dewi cinta Roma. Antony pun berhasil diperbodoh dan mengikutinya kembali ke Alexandria untuk melindungi Mesir dan Cleopatra. Tahun berikutnya ia kembali ke Roma, untuk membuktikan kesetiaannya, Antony menikahi saudari tiri raja Sementara itu Cleopatra melahirkan anak kembar Antony dan terus memerintah Mesir. Antony kembali ke Cleopatra beberapa tahun kemudian dan menyatakan anaknya Caesarion sebagai ahli waris. Hal ini membuat Oktavianus marah. Ia menyatakan bahwa Antony sepenuhnya di bawah kendali Cleopatra dan akan meninggalkan Roma untuk menemukan sebuah ibukota baru di Mesir. Pada 32 SM Octavian menyatakan perang pada Cleopatra, dan pada 31 SM pasukannya mengalahkan orang-orang dari Antony dan Cleopatra dalam Pertempuran Actium. Tahun berikutnya, Oktavianus mencapai Alexandria dan mengalahkan Antony sekali lagi. Sebagai buntut dari pertempuran, Cleopatra berlindung di makam yang dibuatnya untuk dirinya sendiri. Kabar palsu menginformasikan bahwa Cleopatra sudah mati. Mendengar kabar tersebut, Antony pun menikam dirinya sendiri dengan sebuah padang. Pada tanggal 12 Agustus, 30 SM, setelah mengubur Antony, Cleopatra pun menyusulnya dengan bunuh diri. 2. Henry VIII dan Anne Boleyn Ketika sejarawan menyatakan beberapa faktor yang merubah Inggris menjadi negara Protestan, seorang wanita muda kharismatik bernama Anne Boleyn jelas memiliki andil di dalamnya. Pada tahun 1525, Raja Henry VIII merasa kecewa pada istri pertamanya, Catherine, seorang wanita Katolik yang gagal melahirkan keturunan laki-laki. Mata raja separuh baya itu pun berkelana dan jatuh pada Anne, seorang wanita cantik yang memiliki ayah yang berjiwa diplomatik dan ambisius. Tidak seperti adiknya Mary, Anne menolak tawaran Raja untuk mempersuntingnya tanpa perjanjian pernikahan. Pada 1527 Henry meminta Paus Clement VII untuk menceraikan Catherine dan ditolak. Didorong oleh penasehat kepausan, ia diam-diam menikah Anne pada tahun 1533 yang tentu saja melanggar aturan Gereja Katolik Roma dan menunjuk dirinya kepala Gereja Inggris tak lama setelahnya. Ketertarikan Henry dengan Ratu keduanya itu mulai memudar dengan cepat. Apalagi saat Anne juga tidak mampu memberikan keturunan laki-laki. Pada 1536 Raja memerintahkan agar Anne dipenggal dengan tuduhan palsu atas sihir dan perzinahan. Ia pun kemudian ia menikahi Jane Seymour 11 hari kemudian. Tahun berikutnya banyak rumor yang berkembang dan melemahkan kewibawaan raja. Gereja protestan kemudian didirikan pada masa Elizabeth, putri Anne dan Henry. EDISI 7, Minggu III maret 2013

85

history

3. Pierre dan Marie Curie Ketika Marie Sklodowska menikah Pierre Curie pada tahun 1895, pasangan itu memulai karir yang akan mendapatkan penghargaan internasional dan mempengaruhi generasi ilmuwan. Lahir di Warsawa, Polandia, pada tahun 1867, Marie yang brilian menerima gelar dalam ilmu fisika dan matematika dari Sorbonne di Paris. Pada tahun 1894 ia bertemu dengan Pierre Curie, seorang fisikawan dan kimiawan Prancis yang delapan tahun lebih tua dari usianya. Pasangan ini disatukan karena sama-sama memiliki ketertarikan pada magnet dan sepeda. Setahun kemudian, mereka pun menikah. Saat Marie mencari subjek untuknya tesisnya, ia tertarik dengan penemuan kebetulan fisikawan Henri Becquerel tentang radioaktivitas pada tahun 1896. Marie Curie pun mulai mempelajari sinar uranium dan Pierre bergabung dengannya dalam penelitian tersebut. Pada tahun 1898, setahun setelah kedatangan Irène, putri mereka, Curie menemukan polonium-yang dinamai dengan Marie's homeland dan radium. Pada tahun 1902 mereka berhasil mengisolasi garam radium radioaktif dari bijih-bijih uranium mineral. Tahun berikutnya, pasangan tersebut diganjar Penghargaan Nobel fisika Becquerel untuk terobosan radioaktif. Pada 1904 Marie melahirkan putri kedua dan Pierre diangkat menjadi dekan fisika di Sorbonne. Dua tahun kemudian, ia terbunuh dalam kecelakaan menuju Paris. Meskipun dengan hati yang hancur, Marie bersumpah untuk melanjutkan pekerjaannya dan menggantikan suaminya di Sorbonne, menjadi profesor perempuan pertama universitas. Ia pun kemudian tertarik pada aplikasi medis dari zat radioaktif, termasuk potensi radium sebagai terapi kanker. Marie meninggal pada 1934 karena leukimia yang diakibatkan oleh empat dekade paparan zat radioaktif. 4. Czar Nicholas II dan Alix of Hesse Cucu dari Ratu Inggris Victoria, Alix Victoria Helena Louise Beatrice, dikenal sebagai Alexandra Feodorovna Romanov menolak perjodohan dengan sepupunya pertamanya, Pangeran Albert Victor, setelah jatuh cinta dengan Nicholas, pewaris tahta Rusia pada tahun 1889. Namun ia akhirnya menyetujui pernikahan tersebut karena ayahnya yang sakit sangat menginginkan pertemuan dua keluarga tersebut. Mereka menikah beberapa saat ketika Tsar Nicholas mati. Meskipun ditempa rasa sedih, pernikahan tersebut bahagia dan menghasilkan empat putri dan seorang putra. Dari ayahnya, Czarevitch muda mewarisi tahta Rusia, namun ibunya turut mewariskan sesuatu yang mengerikan yakni hemofilia, atau kelainan pada pembekuan darah. Takut kehilangan Alexei, orang tuanya menjadi semakin bergantung pada “biksu gila” kontroversial Grigori Rasputin, yang hipnosis pengobatannya memperlambat penyakit anak itu. Pengaruh politik Rasputin atas tsar dan raja wanita menggerogoti kepercayaan masyarakat Rusia pada dinasti Romanov. Nicholas, Alexandra dan anak-anak mereka dieksekusi pada tanggal 16 Juli 1918, atas perintah dari pemimpin Bolshevik Vladimir Lenin. Secara tidak langsung, asmara pasangan kerajaan telah membuka sebuah babak baru berdarah dalam sejarah Rusia. 5. Mildred dan Richard Loving Richard Loving, seorang pria kulit putih, bertemu Mildred Jeter, seorang teman keluarga keturunan Afro-Amerika. Ketika keduanya masih remaja, hubungan mereka dengan cepat berkembang menjadi asmara. Pada Juni 1958 pasangan tersebut berkendara sejauh 80 mil dari Virginia, dimana masih terdapat hukum yang disebut “anti-perkawinan antar suku atau bangsa” Lima minggu kemudian, polisi menggeledah mereka dan membangunkan pengantin baru tersebut pada tengah malam. Sherif bertanya apa yang ia lakukan di tempat tidur dengan wanita ini, Richard yang waktu itu berusia 24 tahun hanya bisa menunjukkan surat nikah mereka yang tergantung di dinding. Mereka pun ditangkap dan didakwa dengan tuduhan “kumpul kebo”. Mereka pun dihukum satu tahun penjara dan diasingkan selama 25-tahun dari negara asal mereka. Pasangan itu pindah ke Washington, di mana mereka tinggal selama lima tahun dan memiliki tiga anak. Didera oleh rasa rindu terhadap keluarga dan teman-teman, mereka memutuskan untuk kembali ke rumah. Pada tahun 1963 mereka menghubungi Jaksa Agung AS Robert F. Kennedy, yang membawa mereka ke American Civil Liberties Union. Pengacara relawan itu akhirnya membawa kasusnya sampai ke Mahkamah Agung yang melarang perkawinan antar ras. Richard tewas dalam kecelakaan mobil pada tahun 1975. Namun Mildred tetap tinggal di rumahnya Virginia yang ia telah ia bangun sampai kematiannya pada tahun 2008. EDISI 7, Minggu III maret 2013

86

EDISI 7, Minggu III maret 2013

j’naka

87 hp china

Seorang perempuan tengah menguji kesetiaan pasangannya. “Sayang, katanya kmu sayang sama aku? “emang iya, aku sayang kamu.” “Mana buktinya. Aku ingin tahu seberapa besar cinta kamu sama aku.” “Hmm gimana caranya? “Terserah kamu.” “Gini deh, ibarat nya kamu itu simcard dan aku HP-nya, jadi HP gak akan berfungsi bila gak ada simcardnya. Begitu juga aku, kalo aku tanpa kamu, hidupku tak akan berarti sayang.” “Hmm makasih sayang...(sambil senyum-senyum) “Iya, sama-sama sayang, haha aku kan laki-laki tipe HP China jadi bisa pake tiga simcard sekaligus.”

Tidak batuk

Setelah minum obat khusus dari dokter, akhirnya pasien yang menderita batuk menahun itu meninggal dunia. Keluarganya shock dan minta penjelasan dan tanggung jawab pada dokter. Dengan santai dokter berkata “Lihat sisi positifnya, setidaknya sekarang ia sudah tidak batuk lagi.”

Robot Detektor Kebohongan

Maman adalah seorang genius, profesor pintar yang berhasil menciptakan sebuah robot canggih, yang memiliki kemampuan mendeteksi kebohongan apapun yang dikatakan manusia. Si robot akan menampar siapapun yang mengucapkan kebohongan. Dengan bangga, Maman membawa robot itu ke rumah untuk dipamerkan pada anak dan istrinya. Maman menunggu anaknya pulang untuk memperlihatkan hasil karyanya yang tercanggih itu. Tetapi, anaknya tak kunjung pulang. Setelah sekian lama, baru sore harilah si anak pulang. “Asep, kamu dari mana? Kok jam segini baru pulang?” “Ada pelajaran tambahan, Pa.” *Plak!* Sang Robot menampar si anak dengan keras. “Asep, ini adalah robot ciptaan papa, dia akan menampar siapapun yang berbohong! Sekarang katakan dengan jujur, kenapa kamu pulang telat?” “Maaf Pap…. aku habis menonton film di rumah teman” “Film apa?” “Film komedi.” *Plak!* “Ayo katakan dengan jujur film apa?” “Maaf Pa, saya menonton film porno.” Mendengar jawaban Asep, Maman marah seketika. “Kamu ini kecil-kecil udah punya kelakuan kayak gitu?

EDISI 7, Minggu III maret 2013

Papa waktu seumuran kamu gak pernah senakal kamu.” *Plak* Maman sang profesor di tampar keras oleh si Robot. Seketika, suasana rumah hening beberapa saat. Istri Maman, yang sedari tadi mendengarkan kejadian tersebut keluar kamar dan langsung berkata : “Akang ini gimana sih? Sama saja kelakuannya kayak anaknya! Buah apel gak pernah jatuh jauh dari pohonnya kan? Inget Kang, bagaimanapun, Asep itu anak Akang, jadi….” *Plak* Si robot menampar istri Maman sebelum dia sempat menyelesaikan kata-katanya Dan, seketika suasana rumah hening….

Pilot dan Unta

Sebuah pesawat tempur jatuh di padang pasir, si pilot selamat. Tapi dia terdampar berhari-hari di padang pasir, dia hanya minum lewat embun yang ditampung batang-batang kaktus, dia bisa makan dari berburu hewan-hewan gurun. Tak terasa telah tiga bulan dia bisa bertahan, selama tiga bulan hanya kebutuhan biologisnya saja yang kadang menyiksa dia. “Cari lawan dimana ya?” Pikirnya Suatu hari dia bertemu seekor unta liar, muncullah ide liarnya. ”Tak ada wanita, unta pun jadilah!” Lalu Dikejarnya unta itu, tapi tiap kali disentuh unta itu selalu menendangnya! Begitulah berhari-hari. ”Nasib, jangankan cewek, unta pun gak mau,” keluhnya Suatu hari sebuah pesawat komersial jatuh dan meledak didekatnya, semua penumpang tewas kecuali satu pramugari, pilot itu menolong dan merawatnya dengan baik. “Nah, sekarang kamu sudah kembali fit. Saya sudah lama memendam hasrat, bisakah kamu bantu saya?” ”Tuan telah menyelamatkan hidup saya, sekarang saya milik tuan, mau diapain saja saya rela,” ucap si pramugari “Benerkah?” kata si pilot. “Bener tuan, saya rela diapakan saja dan disuruh apa saja.” “Ok. Kalau begitu kalo begitu, tolong kamu pegangin kaki unta sialan itu, aku masih penasaran!”

88

perjalanan

Persiapan Setahun, Rajin Intip Harga Tiket Melancong Mandiri & Murah ke Hongkong dan China Editor: Ahmadi

email : majalah@batampos.co.id

Wisata murah bukanlah hal sulit sekarang ini. Dengan merancang perjalanan sendiri atau bersama teman, impian melancong ke luar negeri dengan anggaran murah bisa dilakoni.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

89 Iseng-iseng saya memposting impian untuk liburan ke Shanghai, China, dalam forum penyuka traveling, Couchsurfing, setahun lalu. Pilihan jatuh pada kota Shanghai karena ada teman di sana. Tetapi rencana ini kemudian berubah ketika seorang anggota Couchsurfing di Kanada menghampiri dan mengajak melancong bareng di beberapa kota di China bagian selatan. Meski sempat ragu, ia meyakinkan saya dengan promosinya yang gencar. Pria yang berimigrasi dari Vietnam ini menuliskan beberapa kota yang direkomendasikan sebagai tujuan wisata karena alam dan lanskapnya yang indah. Kota-kota itu adalah Guilin, Yangshuo, dan Nanning di Provinsi Guanxi, Kunming, Dali, dan Lijiang di Provinsi Yunnan. Ia juga menambahkan Chengdu di Provinsi Sichuan. Karena keterbatasan waktu, akhirnya Chengdu ditiadakan dalam rancangan perjalanan. Sepakat dengan kota-kota yang akan didatangi, kami pun mencari tempat wisata yang akan dikunjungi. Couchsurfing dan travel blog sangat membantu pencarian ini. Begitu mendapat banyak rekomendasi dan masukan dari teman-teman di forum, rencana perjalanan pun diatur. Perjalanan akan dimulai dari mana dan berakhir di mana. Teman yang berada di Kanada, namanya Bernard Lim, bertugas merancang semua itu karena sudah pernah ke China. Setiap selesai merancang, ia mengirimkan melalui email untuk

EDISI 7, Minggu III maret 2013

perjalanan mendapat persetujuan saya atau meminta saran. Saya mengikut saja dan hanya sedikit memberi masukan karena saya kurang pengetahuan tentang China. Rencana perjalanan akhirnya disepakati dimulai dari Shenzhen di Provinsi Guangdong menuju Guilin, Yangshuo, Nanning, Kunming, Lijiang, dan Dali. Tidak semua kota ini adalah tempat tujuan wisata. Ada kota yang hanya sebagai penghubung seperti Nanning. Setelah mendapatkan kota-kota yang akan dikunjungi, kami mencari tahu jenis transportasi yang bisa menghubungkan kota yang akan dituju. Ternyata sangat mudah karena moda transportasi di China yang sudah bagus. Setiap kota itu terhubung dengan jalur kereta dan bus. Baik bus maupun kereta sudah punya jadwal dan biaya yang terlampir dalam website. Kereta dipilih untuk perjalanan lebih dari delapan jam dan bus untuk perjalanan di bawah delapan jam. Di website China Train Guide ada pilihan kelas dengan harga yang berbeda. Mulai tarif duduk (kursi), hard sleeper, hingga soft sleeper. Dengan hard sleeper dan soft sleeper, kita bisa tidur karena mendapat ranjang bertingkat. Saya mengetahui itu karena dikirimi gambargambar suasana di gerbong untuk hard sleeper dan soft sleeper. Dengan gambaran itu, biaya transportasi antar kota selama di China bisa dikalkulasi. Sembari mengevaluasi rencana perjalanan, kami juga sering-sering mengunjungi website sejumlah penerbangan untuk mencari harga termurah. Teman yang di

90 Kanada akan terbang dari Montreal, sementara saya dari Singapura. Pencarian tiket murah semakin sering dilakukan tiga bulan menjelang keberangkatan. Membeli tiket jauh-jauh hari memang sangat menguntungkan karena penerbangan rata-rata masih menawarkan harga promosi. Kala mencari penerbangan murah dengan tujuan Shenzhen, kami terkendala pengurusan visa untuk langsung masuk ke China. Teman saya di Kanada harus ke Toronto atau Ottawa, sedangkan saya harus mengurus visa China di Jakarta. Itu artinya butuh biaya lebih besar. Biaya visa 'hanya' Rp540 ribu untuk single entry dengan proses selama empat hari. Tetapi biaya untuk ke Jakarta lebih besar. Visa China tidak lagi diurus melalui kedutaannya tetapi diserahkan kepada Chinese Visa Application Service Center (CVASC). Mengurus melalui agen travel tentu biayanya besar juga. Saya sempat menanyakan pada salah satu agen travel di Batam dan biayanya sekitar Rp1,5 juta. Kami akhirnya berdiskusi soal visa ini dan mendapat informasi visa China bisa diperoleh di Hongkong. Ban-

EDISI 7, Minggu III maret 2013

perjalanan yak agen yang bisa mengurus visa China dengan mudah dan tanpa banyak dokumen persyaratan. Biayanya lebih murah lagi. Untuk warga Indonesia, 480 Hongkong Dollar (HKD) atau Rp624 ribu (dengan nilai tukar Rp1300). Kami pun memutuskan untuk mengurus di Hongkong saja sekalian jalan-jalan di sana. Setelah dipantau lewat internet, rata-rata agen bisa menyelesaikan pengurusan visa dalam waktu enam jam, cukup menyerahkan paspor saja dan biayanya. Masalah visa pun dianggap selesai. Kami kembali melanjutkan pencarian tiket murah dengan sering-sering memantau harga tiket secara online. Tujuan pertama diputuskan ke Hongkong. Sambil mencari dan menunggu harga tiket penerbangan yang murah, kami juga mencari penginapan yang murah dan dekat dengan tempat wisata yang akan dituju. Karena kami menjadwalkan kunjungan usai tahun baru China dan akhir musim dingin, hotel atau guesthouse murah sangat mudah didapat. Kecuali di Hongkong yang memang mahal. Kami memilih penginapan dengan biaya antara 108 Yuan hingga 145 Yuan di China. Sementara di Hongkong 350 HKD per malam. Biaya hotel jatuhnya lebih murah karena ditanggung berdua. Penginapan di-booking jauh-jauh hari secara online, sehingga harga dan biaya penginapan secara keseluruhan bisa diketahui. Begitu pula dengan biaya transportasi, biaya visa, dan biaya makan. Tinggal biaya pesawat. Dua bulan menjelang keberangkatan baru saya mendapatkan tiket murah ke Hongkong dengan penerbangan Tiger Airways

91

milik Singapura. Maskapai ini menjadikan Mandala Airline sebagai airline partner. Tiket yang saya peroleh seharga 148 dolar Singapura. Sementara untuk kembali, saya mendapaatkan maskapai Air Asia dari Kunming ke Kualalumpur dengan harga tiket sekitar Rp1,2 juta. Kalkulasi biaya pun diperoleh setelah mendapatkan tiket. Saya mencatat baik-baik dan sedetail mungkin biaya yang diperlukan. Biaya sudah dibuat pos-posnya masing-masing. Untuk penginapan berapa, transportasi selama di sana berapa, biaya makan, dan oleh-oleh. Dengan gambaran ini saya menyiapkan uang 1600 Yuan dan 1300 HKD. Ditambah biaya menyeberang ke Singapura dan kembali. Biaya pesawat tak dihitung lagi karena sudah dibayar. Saya sengaja tidak membawa banyak pakaian karena berharap bisa belanja di China yang katanya murah-murah. Tetapi saya menyiapkan beberapa jaket. Selain itu, supaya ransel saya tidak perlu masuk bagasi jadi tidak perlu biaya tambahan. Karena di China lagi musim dingin saya membawa minuman jahe penghangat tubuh, mie instan, dan ketel. Mie instan untuk jaga-jaga jika tidak menemukan restoran halal. Kebutuhan untuk mandi juga saya siapkan. Saya pilih yang berukuran kecil-kecil, maksimal 75 mililiter karena maskapai membatasi setiap barang cair yang dibawa dalam pesawat.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

perjalanan

Pertengahan Februari atau sepuluh hari usai Imlek, saya pun berangkat menuju Hongkong. Penerbangan ke Hongkong memakan waktu empat jam. Penumpang tidak boleh membawa makanan sendiri ke dalam pesawat sehingga harus membeli di pesawat yang harganya 10 dolar Singapura. Ini pertama kalinya saya menjalani penerbangan selama empat jam, jadi agak bosan juga. Tiba di Hongkong sudah malam sehingga pemandangan Hongkong di malam hari seperti di film-film menyambut. Masuk ke Hongkong tidak perlu visa. sama seperti memasuki Singapura. Tetapi menghadapi petugas imigrasi Singapura lebih membuat deg-degan daripada menghadapi petugas imigrasi Hongkong. Begitu berhadapan dengan petugas imigrasi, ia hanya meminta paspor dan menanyakan tiket kepulangan saya. Setelah saya tunjukkan, ia langsung memberi stempel pada paspor saya. Di bagian pemeriksaan barang, petugasnya lebih ramah lagi. Meski mengacak-acak isi ransel saya, kami bisa mengobrol santai. Saya bisa bertanya dan memperkenalkan minuman jahe yang saya bawa. Karena tidak ada barang terlarang, saya bisa melenggang masuk Hongkong. Saya menuju bagian depan bandara untuk mencari bus. Bus dari bandara ini menuju beberapa tempat di daerah Kowloon, wilayah Hongkong yang rapat dengan China

92

perjalanan Selain tempatnya yang strategis dan dekat dengan berbagai tempat wisata dan pusat perbelanjaan, harga penginapan di sinilah yang termurah. Di penginapan ini kemudian saya bertemu travel mate dari Kanada. Malam itu, saya langsung menjelajahi kawasan Tsim Sha Tsui, menikmati pulau Hongkong di seberang dengan gedunggedungnya yang menjulang dan cahaya lampu yang berwarna-warni. Cuaca yang begitu dingin, hampir 10 derajat selsius membuat saya tak tahan berlama-lama di luar dan kembali ke hotel. Keesokan harinya kemudian melanjutkan petualangan. Karena Hongkong merupakan salah satu tujuan wisata dan belanja terpopuler di Asia, maka bila dibandingkan dengan kota-kota lain di Asia Tenggara, berwisata ke Hongkong kita memerlukan bujet lebih. Harga pengi-

daratan, dan pulau Hongkong. Saya mengambil bus A21 tujuan Kowloon karena penginapan saya di USA Hostel, Flat F1, 13/F, Mirador Mansion, Tsim Sha Tsui, Kowloon, Hongkong. Ongkosnya 33 HKD. Perjalanan menuju Tsim Sha Tsui sekitar satu jam. Saya tidak kesulitan untuk mengetahui harus berhenti di mana karena berbekal peta. Apalagi bus selalu menayangkan tempat penghentian berikutnya. Setiba di Tsim Sha Tsui, sales toko, penginapan, dan restoran berebutan menawarkan jualan. Mereka menawarkan dengan memberikan kartu nama. Tetapi begitu dibilang sudah booking hotel, kartu nama tadi langsung dirampas lagi. Penginapan saya berada di Mirador Mansion yang bersebelahan dengan Chungking Mansioan. Dua tempat ini begitu dikenal dan menjadi tempat bagi banyak pelancong. Di Chungking Mansion banyak restoran halal milik orang Pakistan.

EDISI 7, Minggu III maret 2013

93 napan dan makanan yang cukup mahal. Tapi Hongkong memiliki transportasi umum yang bagus dan murah, sehingga kita dapat menghemat dalam hal transportasi. Dengan kartu sakti bernama Octopus, kita bisa menggunakan seluruh moda trasnportasi. Mulai bus, naik kereta Airport Express dan MTR (Mass Transit Railway), kapal feri, hingga trem. Bahkan dengan kartu Octopus seharga 150 HKD itu kita bisa belanja di supermarket. Kartu Octopus itu berisi kredit 100 HKD, sementara 50 HKD adalah deposit. Deposit ini bisa diambil lagi bersama sisa uang kita yang tidak digunakan dalam kartu Octopus. Jadi tidak ada yang rugi Sama seperti halnya Singapura, transportasi umum di Hongkong sangat nyaman. Kereta berangkat setiap 10 menit, beroperasi dari pukul 05:54 - 00:48 setiap harinya. Bus lalu lalang setiap saat. Karena tempat saya menginap memang lokasi yang dikeliling tempat wisata jadi saya banyak jalan kaki. Kecuali ketika menyeberang ke Pulau Hongkong dengan feri. Biayanya 2 KHD. Lebih

EDISI4,7,Minggu MingguIVIIIFebruari maret 2013 EDISI 2013

perjalanan singkat dibanding menyeberangi Batam-Belakangpadang. Dari Star Pier atau pelabuhan feri, saya bersama teman mengunjungi The Peak, tempat di mana bisa melihat Hongkong dari ketinggian. Hanya bus yang bisa menuju The Peak. Pemandangan luar biasa tersaji dari puncak ini. Hanya saja kurang bersih karena banyak kabut pada musim dingin. Matahari jarang menampakkan sinarnya. Di antara kunjungan ke tempat wisata, kami mengurus visa di agen yang juga berada Mirador Mansion. Biaya pengurusan visa China untuk saya meleset. Saya dikenakan biaya tambahan karena pertama kali masuk China. Dari biaya standar 480 HKD menjadi 630 HKD. Uang untuk oleh-oleh pun dikorbankan. Tetapi jika dihitung-hitung tetap lebih murah dibanding mengurus di Jakarta atau melalui travel agen di Indonesia. Kami mendatangi agen pukul 09.00 waktu Hongkong dan dijanjikan selesai pukul 14.00. Janji itu tidak meleset, stiker visa pun menempel di paspor saya. Visa pertama

94 yang saya peroleh. Saya mengamatinya sambil senyumsenyum sendiri. Visa China diperoleh, hari berikutnya petualangan dilanjutkan ke China daratan. Dari stasiun Hung Hom, kami menuju perbatasan China dengan Hongkong, Lo Wu. Berhadapan dengan petugas imigrasi China tidak seseram petugas imigrasi Singapura. Dengan mudahnya saya memasuki wilayah China di Shenzhen. Dari Shenzhen menumpang kereta malam menuju Guilin. Kami bisa tidur semalaman di kereta karena mengambil tiket hard sleeper. Tiba di Guilin pagi hari disambut cuaca yang sangat dingin dan berkabut. Saya sampai mengenakan tiga lapis baju. Kami tidak istirahat di Guilin dan langsung menuju Yangshuo dengan bus. Sempat tersesat ketika menuju stasiun bus, sementara orang China begitu sulit ketika ditanya dengan berbahasa Inggris. Bahkan ada yang menghindar seperti ketakutan sebelum ditanya. Orang yang berhasil ditanya pun menggunakan bahasa isyarat karena sama-sama

EDISI4,7,Minggu MingguIVIIIFebruari maret 2013 EDISI 2013

perjalanan tidak paham. Untung ada peta yang kami bawa dan ada tulisan aksara China. Inilah yang kami tunjukkan sampai bisa menemukan stasiun bus dan tempat menginap. Hotel dan guesthouse tempat kami menginap di China selalu dekat dengan tempat wisata sehingga cukup jalan kaki untuk mendatanginya. Seperti di Yangshou, tepat berada di pinggir sungai Li yang indah dan terkenal, dekat dengan West Street, episentrum para pelancong di Yangshuo. Begitu juga di Lijiang dan Dali. Guesthouse kami berada di kota kuno yang menjadi tempat tujuan wisata yang sangat ramai. Jadi tidak perlu biaya tambahan lagi. Kecuali Anda mau mengambil paket wisata lokal. Untuk makan di Kunming, Lijiang dan Dali sangat mudah menemukan restorang milik muslim China. Di Lijiang sedikitnya 15 restoran muslim yang saya temukan. Di Dali saya menemukan di dalam old town, tak jauh dari masjid. Biaya makan paling murah 10 Yuan. Jadi jalanjalan ke China tidak perlu takut. Tetapi tetap waspada dengan penipuan, terutama dengan uang palsu.***

95

EDISI 7, Minggu III maret 2013

perjalanan

96

d facebook: majalahbatampos.co.i

twitter: @majalahBP s.co.id email: majalah@batampo Diterbitkan Oleh: PT Sijori Interbintana Pers www.majalah.batampos.co.id Pemimpin umum / gm: Hasan Aspahani Pemimpin Redaksi: Muhammad Iqbal WAKIL Pemimpin Redaksi: M. Riza Fahlevi Redaktur Pelaksana: Muhammad Nur, Helmi YS (Desain) Asisten Redaktur Pelaksana: Agnes Damayanti. Redaktur/Editor: Ahmadi, Hasanul Safri, Yermia Riezki, Feni Ambaratih, Herry Dingin Sembiring M.Noor Kanwa (Fotografer), Muhammad Syahrir (Desain) Tonny Richardo (Desain) Redaktur senior : Ade Adran Syahlan Lisya Anggraini Chairman Rida K Liamsi CEO Makmur Direktur Utama Marganas Nainggolan Wakil Dirut Socrates Pemimpin Perusahaan Usep Rahmat Saifullah

Alamat Redaksi, Pemasaran, Iklan dan EO: Gedung Graha Pena Batam, Lantai 2, telepon :(0778) 460000 (hunting), Fax (0778) 462162 dan (0778) 465111 Batam Center, Batam. Perwakilan Pekanbaru: Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang KM 10,5 Telpon (0761) 64634 Fax (0761) 64638. Perwakilan Jakarta: Gedung Indopos Lt. 6 Jl. Kebayoran 12 Jakarta Selatan, Telp. 021 - 53699560, 021-5333046. Perwakilan Tanjungpinang: Jalan Pramuka 3. Telepon (0771) 27714, 27715. Perwakilan Tanjungbalai Karimun: Jalan A Yani, Sungai Lakam, Telpon (0777) 323686, Fax (0777) 323685. Rekening PT. Sijori Interbintana Pers, NISP;090.010.011377, BPD Riau Cabang Batam Ac.00701.13.0044560.

EDISI 7, Minggu III maret 2013


7 - Akad Tanpa Sertifikat