Issuu on Google+

± ±

± ±

CMYK CMYK

Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

www.lampungpostncom

KAMIS, 2 FEBRUARI 2012

± ±

CMYK

l NO. 12338 l TAHUN XXXVII

DINAMIKA MASYARAKAT LAMPUNG

TERBIT 24 HALAMAN

lHARGA ECERAN : Rp3.000 KURS

± ±

Vonis untuk nenek Rasminah keterlaluan... HLM. 5

Nasib PSSI Lampung tunggu hasil rapat Exco... HLM. 18

MU samai jumlah poin City... HLM. 17

Paramitha Rusady luncurkan album... HLM. 16

1 US$ Rp9.022

±

raBu, 1 feBruari 2012 SUMBER BI

BURAS

H. BAMBANG EKA WIJAYA

Menyimak Cara Berpikir Nenek! (3-Habis)

± ±

“BEGITULAH! Sekalipun elite, politisi, penguasa, dan kalangan kuat ingin serta berusaha memberi yang terbaik kepada kalang­ an lemah, tidak serta­merta bisa mewujudkan!” tegas nenek. “Pengalaman pengentasan kemiskinan yang menghabiskan Rp86,1 triliun pada 2011, hasilnya tak memadai!” “Berarti elite itu kalah dari nenek, yang lewat pepaya dan pisang bisa memberi yang terbaik pada orang lain, pada masyarakat!” timpal cucu. “Bukan cuma nenek! Tapi petani Lampung yang mampu mem­ produksi komoditas berkualitas mencapai nilai tukar pertanian (NTP) 123,74 pada Desember 2011, jauh di atas NTP nasional 105,54!” tegas nenek. “Terutama petani padi dan palawija yang mencapai NTP 133,63. Konkretnya, beras Lampung merajai pasar beras kelas atas di Palembang, Banten, dan Jakarta! Jagung manis Lampung menguasai pasar jagung rebus Ibu Kota!” “Tampak, justru petani Lampung yang mampu meraih posisi advantage dalam sistem sosial­ekonomi transaksional, menarik kebaikan bagi kaumnya dengan memberi yang terbaik pada bangsa!” timpal cucu. “Sedang kemampuan elite memberi yang terbaik masih sebatas retorika penghias bibir karena prasarana dan sarana produksi serta infrastruktur yang jadi kewajiban mereka masih jauh dari memadai! Mayoritas tanaman padi yang mengukir NTP 133,63 itu dibudidayakan di sawah tadah hujan, bukan produk irigasi teknis dengan anggaran sektor pertanian semua kabupaten yang imut­imut!” “Kenapa keinginan elite memberi yang terbaik selalu kan­ das?” kejar cucu. “Beda dengan petani dan jelata yang menjadikan kerja sebagai ibadah yang dilakukan dengan ikhlas, pada langkah elite untuk berbuat terbaik ketulusannya mungkin bermasalah!” tukas nenek. “Soalnya, langkah elite itu cuma kulit, sedang isinya tujuan kekuasaan! Itu salah satu dasar asumsi kenapa dalam paham laissez faire, ekonomi tumbuh saat elite terutama birokrat sedang tidur! Sebab, kalau melek, ada saja tingkahnya yang bisa mengganggu pertumbuhan ekonomi!” “Tingkah birokrat yang begitu mudah ditemukan!” timpal cucu. “Salah satunya jebakan buat mobil pikap pengangkut barang di depan Terminal Rajabasa, Bandar Lampung! Tanpa pemberita­ huan dan rambu yang cukup jelas terlihat dari jauh, pikap luar kota yang tak tahu harus masuk terminal bablas lalu diudak dan ditangkap sebagai pelanggar aturan hukum lalu lintas!” “Begitulah elite dan birokrat memanfaatkan hukum menje­ bak rakyat!” tegas nenek. “Bukan memberi yang terbaik, malah menyengsarakan!” ***

OASIS Semprotan Ganja Obati Nyeri

± ±

PERUSAHAAN farmasi asal Inggris, GW Pharmaceuticals, sedang menguji obat semprotan mulut Sativex. Perusahaan ini berencana mencari persetujuan Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat agar produknya dapat dipakai mengatasi nyeri kanker. Uji coba obat tersebut selesai tahun 2014. Bahan aktif Sativex adalah cannabinoids dan berasal dari ganja. Ini obat pertama berbahan dasar ganja yang dibuat dengan mengekstrak senyawa tanaman asli, bukan bahan sintesis. Dua obat serupa, Marinol dan Cesamet, dibuat dari cannabinoid sintetis dan disetujui FDA pada 1980­an. Mengingat obat ini mengandung tetrahydrocannabinol (THC), bahan yang menyebabkan sensasi “terbang” pada pemakai ganja, banyak yang khawatir disalahgu­ nakan bukan untuk medis. (U-1)

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

KrD WaY uMPu. Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. bersama Sekjen Kementerian Perhubungan Moh. Iksan Tatang (kanan) menyiramkan air bunga ke KRD Way Umpu di Stasiun Kereta Api Tanjungkarang, Bandar Lampung, Rabu (1-2). Penyiraman tersebut sebagai tanda uji coba KRD Way Umpu.

Gubernur: Bahas APBD Pesawaran BANDAR LAMPUNG (Lampost): Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. memperingatkan Pemerintah Kabupaten dan DPRD Pesawaran agar mempercepat pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2012. Gubernur meminta Pemkab dan DPRD Pesawaran jangan membawa persoalan pribadi dan politik menjadi urusan pembangunan. Menurut Gubernur, jika sampai awal Maret 2012 APBD Pesawaran belum disampaikan ke Pemprov, dana perimbangan Pesawaran terancam ditunda. “APBD kabupaten lain sudah saya tanda tangani. Tinggal Pesawaran. Sekarang bagaimana kesadaran dan mental serta moral pejabatnya. Mereka bekerja untuk rakyat atau untuk sendiri,” kata Gubernur di Stasiun Rejosari, Natar, Rabu (1-2). Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 04/PMK.07/2011 tentang Tata Cara Penyampaian Informasi Keuangan Daerah, batas akhir penyampaian APBD adalah tanggal 31 Januari tahun anggaran berjalan. Jika APBD belum selesai dalam waktu satu bulan setelah peringatan tertulis, dikenakan sanksi penundaan penyaluran dana perimbangan sebesar 25% dari jumlah dana alokasi umum (DAU) yang diberikan setiap bulan pada tahun anggaran berjalan. Persoa lan interna l pejabat Pe-

n LAMPUNG POST/DOK

Sjachroedin Z.P. Gubernur Lampung

sawaran, menurut Direktur Eksekutif Pusat Studi Strategi dan Kebijakan (Pussbik) Lampung Aryanto, seharusnya tidak memengaruhi penyusunan APBD karena merupakan komitmen eksekutif dan legislatif dalam menyejahterakan masyarakat. Jika memaksakan menggunakan peraturan bupati dalam menetapkan APBD, kata Aryanto, sah-sah saja. Tetapi harus menggunakan anggaran tahun sebelumnya. Hal ini tentu merugikan pembangunan Pesawaran karena banyak program yang harusnya didanai APBD 2012 jadi tidak bisa karena menggunakan pagu 2011.

Duduk Bersama

Pucuk pimpinan partai yang berseberangan dengan Bupati Pesawaran juga berharap eksekutif dan legislatif mengedepankan kepentingan rakyat. Ketua DPC Partai Demokrat Pesawaran Zamzani mengatakan Fraksi Partai Demokrat memang kepanjangan partai, tetapi anggota Dewan adalah wakil rakyat. “Mereka wakil rakyat yang memiliki tugas tersendiri,” kata Zamzani. Sekretaris DPD Partai Golkar Lampung Ismet Roni mengatakan Golkar bukan partai oposisi. Sikapnya jelas, yakni mendukung pemerintah dalam pembangunan. Terkait persoalan Pesawaran, Ismet Roni meminta eksekutif dan legislatif duduk satu meja menyelesaikan persoalan. “Kepentingan masyarakat tidak boleh diabaikan, tetapi sikap kritis wakil rakyat juga harus dijaga untuk kepentingan rakyat,” kata Ismet. Hal senada disampaikan Sekretaris DPD PDIP Lampung Dedi Afrizal. Persoalan internal itu harus segera diselesaikan. Jika berlarut-larut, pihaknya berencana mengundang DPC PDIP Pesawaran. “Mereka lebih tahu kondisinya. Tetapi kalau sampai berlarutlarut dan kepentingan yang lebih besar dikorbankan, akan kami panggil. Kami mencegah kader menabrak aturan,” kata dia. (LIN/WAH/U-1)

Dendam Pribadi Berujung Mogok

± ±

CMYK CMYK

Rel Bakau-Tanjung Enim segera Dibangun BANDAR LAMPUNG (Lampost): Jalur kereta api (KA) Bakauheni, Lampung Selatan, ke Tanjung Enim, Sumatera Selatan, segera dibangun untuk mendukung rel KA di tengah jembatan Selat Sunda (JSS). Jalur Bakauheni—Tanjung Enim ini merupakan bagian rencana pembangunan Trans-Sumatera Railway dari Lampung ke Aceh. “Kita keroyok ramai-ramai bila perlu. Bisa dari Pemerintah Pusat, provinsi, BUMN, swasta, dan investor. Yang penting rel kereta di jalur itu bisa terbangun,” ujar Sekjen Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Mohamad Iksan Tatang usai peresmian kereta rel diesel (KRD) Way Umpu di Bandar Lampung, Rabu (2-1). Masterplan dan detail engineering desain jalur Bakauheni—Tanjung Enim masih dalam tahap finalisasi di Dirjen Perkeretaapian Kemenhub. Jika dua kajian itu selesai, rencana pembiayaan baru bisa dibicarakan. Pada kesempatan itu, Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. berharap Kemenhub mempercepat pembangunan rel KA komuter atau antarkota di Lampung untuk mengurangi kemacetan. “Saya sih mintanya rel bekas saja. Tapi Pak Sekjen mengatakan siap memberi Lampung rel baru untuk kereta komuter. Kalau lahan, kami akan menyediakan,” kata Gubernur. KRD Way Umpu akan melayani rute Tanjungkarang—Blambangan Umpu sejauh 162 kilometer. Tarif KA empat gerbong berkapasitas 580 penumpang duduk dan berdiri itu Rp40 ribu/orang hingga Blambangan Umpu dan Rp20 ribu ke Kotabumi. Sepanjang Februari ini, PT KAI menerapkan tarif promosi Rp35 ribu/orang. Satu rangkaian KRD memiliki empat gerbong. Setiap gerbong dilengkapi AC atau pendingin ruangan. Setiap gerbong mampu membawa 64 penumpang dan pada rangkaian kereta terdapat dua unit toilet. (LIN/U-1)

±

±

aPBD PeSaWaraN

GEDONGTATA AN—Pembaha sa n Ra nca nga n A ngga ra n Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2012 Kabupaten Pesawaran kian tak jelas. Hingga kemarin, sebagian anggota Badan Anggaran DPRD Pesawaran, terutama kelompok M. Nasir, masih mogok. Akibatnya pembahasan RABPD dilanda ketidakpastian. Beredar isu kelompok yang enggan membahas anggaran itu meminta fee 1% dari total anggaran, yakni Rp470 miliar, jika ingin dibahas. Permintaan ini membuat Bupati Aries Sandi Dharma Putra berencana menggunakan opsi peraturan bupati, jika sebagian anggota Badan Anggaran menolak pembahasan. Risikonya memang besar, dana alokasi umum (DAU)

KereTa aPi

Pesawaran Rp470 miliar bakal berkurang menjadi Rp400 miliar. Menurut Aries Sandi, panitia anggaran eksekutif menyerahkan RAPBD 2012 sejak Juli 2011. “Kami berupaya dan mendapatkan penambahan DAU dari tahun 2011 yang hanya Rp400 miliar. Tahun ini mendapat Rp470 miliar, tapi kenapa Dewan justru tidak membahasnya, ini sangat merugikan Pesawaran,” kata Aries Sandi. Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Pesawaran M. Nasir yang disebut-sebut menjadi motor penggerak penolakan mengatakan Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, dan Fraksi Demokrat yang anggotanya masuk Badan Anggaran DPRD mengaku kecewa dengan sikap arogansi Aries Sandi. Kekecewaan mereka, menurut

± ±

M. Nasir, dimulai dari pernyataan Aries Sandi saat kegiatan bedah rumah di Kecamatan Way Lima. Pernyataan Aries dinilai menghina DPRD Pesawaran, termasuk Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. yang juga Ketua DPD PDIP Lampung. “Bupati Aries Sandi harus minta maaf dan mencabut pernyataannya yang menghina Dewan dan Gubernur,” kata Nasir. Selain persoalan pribadi, menurut Nasir, banyak mata anggaran tidak prorakyat. “Contohnya, pengadaan enam asbak dengan harga Rp10 juta/ asbak. Kalau anggaran itu dicoret, dia (Aries, red) akan marah. Dewan ini bukan tukang stempel, Bupati harus menerima hak budgeting Dewan,” kata Nasir. Mengenai rencana Aries mener-

Perang Dingin Berhawa Panas

5 Agustus 2011

Perang dingin antara beberapa anggota DPRD dan Bupati Pesawaran berlangsung lama. Kedua kubu saling intip dan mencari celah untuk menyerang. Pemenangnya silih berganti. 30 September 2010 M. Nasir dicopot sebagai ketua DPRD Pesawaran setelah munculnya berbagai polemik seputar status kepemimpinan di lembaga legislatif tersebut.

Bagian Perlengkapan dan Aset beserta Polisi Pamong Praja Pesawaran menarik mobil dinas Komisi A BE-2015-RZ dan berakhir ricuh. Pasalnya, M. Nasir, Ketua Komisi A yang menggunakannya, tidak memberikan izin mobilnya diambil. 11 Januari 2012 Pemprov Lampung meminta Pemkab Pesawaran segera menyampaikan Raperda APBD (RAPBD) 2012 untuk dievaluasi. 18 Januari 2012

4 Agustus 2011 Anggota Fraksi Golkar DPRD Pesawaran Jhoni Corne melapor ke Polsek Gedongtataan terkait dengan aksi pencurian kendaraan dinas Fraksi Golkar yang dilakukan Sekretariat Kabupaten (Setkab) Pesawaran.

Setelah sekian lama tidak ada kejelasan tentang pembahasan APBD 2012 di DPRD, Pemkab Kabupaten Pesawaran berencana menggunakan peraturan bupati (perbup) agar roda pemerintahan tetap berjalan. Data diolah Lampung Post

bitkan peraturan bupati, Nasir mempersilakannya. Meskipun demikian, dia optimistis RAPBD 2012 masih bisa disahkan asalkan

Aries harus arif. “RAPBD masih bisa disahkan. Tapi Bupati tidak arogan dan membuka komunikasi dengan Dewan.” (SWA/U-1)

CMYK

± ±

CMYK

±

KAMIS, 2 FEBRUARI 2012 laMpunG post

CMYK

±

Bandar Lampung

±

I2

Kelurahan Membangun PENGANTAR

Bandar Lampung, ibu kota Provinsi Lampung, memiliki 13 kecamatan dan 98 kelurahan. Banyak potensi pembangunan yang dapat dikembangkan di Kota Tapis Berseri ini. Potensi itu umumnya ada di struktur pemerintahan terbawah, yaitu kelurahan, baik hasil industri rumah tangga, kerajinan, sampai potensi pariwisata. Mulai Januari 2012, Lampung Post akan mengupas potensi kelurahan lewat rubrik Kelurahan Membangun, setiap Selasa dan Kamis. Terima kasih. n REDaKsI

±

± PASAR TRADISIONAL

INFRASTRUKTUR

Bambu Kuning dan Tamin Jadi Andalan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pasar Bambu Kuning yang cukup terkenal masuk kawasan Kelurahan Kelapatiga, Keca mat a n Ta nju ng ka ra ng Pusat. Selain itu, keberadaan Pasar Tamin pun masuk ranah kelurahan ini. Kedua pasar ini dipastikan tidak pernah sepi pembeli yang membutuhkan beberapa keperluan sehari-hari. Apalagi, Pasar Bambu Kuning tidak hanya menyediakan kebutuhan sehari-hari, tetapi menyediakan kebutuhan seperti pakaian, sepatu, tas, dan kebutuhan pokok lainnya. Pasar tertua ini begitu melekat di masyarakat, apalagi kini ditambah dengan adanya pembangunan Bambu Kuning Trade Center (BTC). Tak hanya bagi warga Bandar Lampung atau kabupaten/kota lainnya di Lampung, me reka ya ng sekada r si ng ga h at au sempat menetap di Kota Tapis Berseri ini juga pasti menge-

na l sa la h satu pasar ter tua tersebut. “Pekerjaan kami bertambah untuk mengelola kedua pasar ini karena kehidupan di wilayah pasar itu keras. Namun, kami akan tetap mengelolanya dengan baik,” kata Aiman, lurah Kelapatiga, yang baru dua minggu ini menggantikan Laxsma Ferry Alba. Di bidang jasa perekonomian lainnya, kelurahan yang memiliki luas sekitar 16,7 hektare ini memiliki BRI dan Bank Mandiri Unit Bambu Kuning. Pasar Bambu Kuning selama ini dikenal dengan pasar tradisional yang mayoritas diisi oleh warga pribumi. Umumnya, pasar ini menyiapkan sandang bagi warga yang membutuhkan. S em e nt a r a P a s a r Ta m i n khusus sebagai grosir sayuran sebelum didistribusikan ke pasar-pasar tradisional lainnya yang ada di Bandar Lampung. (MG5/K-2)

Demografi Kelurahan Kelapatiga

n laMpunG post/HEnDRIVan GuMaY

KERUPUK KULIT. seorang pembuat kerupuk kulit di Kelurahan Kelapatiga menjemur kerupuk, Rabu (1-2). pembuat kerupuk tersebut mengaku dalam sehari mampu memproduksi 40 kg kerupuk kulit dan dijual dengan harga Rp70 ribu/kg. Dalam sebulan, omzet penjualan hingga Rp40 juta.

Industri Kerupuk Kulit Kelapatiga kian Terkenal BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kelurahan Kelapatiga masuk kawasan Tanjungkarang Pusat. Kelurahan ini menghasilkan kerupuk kulit dari sapi maupun kerbau.

Jumlah penduduk

13.067 jiwa

laki-laki perempuan Kepala keluarga

6.465 jiwa 6.602 jiwa 2.670 KK

Batas wilayah utara selatan timur Barat

Kel. sukajawa, tKB Kel. Kaliawi Kel. tanjungkarang Kel. sukadanaham, tKB

±

Banyak Fasilitas Pendidikan

sumber: Kelurahan Kelapatiga

Kerupuk kulit di beberapa daerah disebut rambak atau jangek. Kerupuk ini merupakan kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah dengan diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Setelah mengalami proses perebusan dan pengeringan di terik matahari, biasanya sekitar 2—3 hari, kerupuk mentah yang kering ini siap digoreng menjadi kerupuk yang siap untuk dihidangkan. Kerupuk kulit memang sudah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari lidah konsumen orang Indonesia. Penggemarnya sangat banyak dan berasal dari berbagai kalangan. Kerupuk yang gurih dan renyah ini pun cocok dipasangkan dengan makanan apa saja.

Kerupuk ini bisa menemani soto, bakso, nasi padang, bubur ayam, dan berbagai jenis masakan lainnya. Bahkan, dimakan tanpa penganan lain pun tetap enak. Konsumsi kerupuk kulit di Indonesia sangat besar. Kerupuk ini akan dengan mudah didapatkan di berbagai warung dan restoran. Memang secara statistik belum didapatkan angka pasti mengenai jumlah kuantitatif konsumsi kerupuk kulit di Indonesia. Namun, melihat animo masyarakat yang begitu besar dan keberadaannya yang tersebar luas, pantas diduga bahwa konsumsi kerupuk ini sangat besar. Industri Kecil

Besarnya permintaan kerupuk

kulit ini tentunya mendatangkan hikmah bagi industri kecil yang bergerak di bidang tersebut, salah satunya diproduksi di Kelurahan Kelapatiga ini. Ada enam rumah di kelurahan ini yang memproduksi kerupuk kulit, dan banyak terdapat di Gang Langgang di Lingkungan II dan III. Hasil dari produksi kerupuk kulit ini pun dipasok

‘‘

ada enam rumah di kelurahan ini yang memproduksi kerupuk kulit. ke berbagai pasar tradisional yang ada di Bandar Lampung, terutama Pasar Bambu Kuning dan Pasar Tamin. Kerupuk kulit ini pun pemasa-

rannya sudah sampai ke Pulau Jawa. Home industry keripik kulit ini sudah lama berdiri. “Kemudian kami juga membuat usaha kikil dan kulit sapi, ada juga tempat khusus pemotongan ayam,” kata Lurah Kelapatiga Aiman ketika ditemui Lampung Post, Selasa (31-1), di ruang kerjanya, didampingi Sekretaris Lurah (Seklur) Barza Kadir. Selain dibantu Barza Kadir sebagai sekretaris lurah, dalam menjalankan roda pemerintahannya Aiman dibantu beberapa stafnya. Ada Rahman Yakub sebagai kepala Seksi Trantib, Suryani sebagai kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, dan ada Maryani Yuli sebagai kepala Seksi Pembangunan. Selain itu, ada Bahri sebagai Babinsa dan Suparno sebagai Babinkamtibmas. Alamat kantor Kelurahan Kelapatiga berada di Jalan Tamin, Gang H. Syafe’i, No. 13, RT 06 Lingkungan II. (MG5/K-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kelurahan Kelapatiga, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, dengan jumlah penduduk kurang-lebih 13.067 jiwa memiliki banyak fasilitas pendidikan dan kesehatan. Kelurahan ini memiliki SD Yayasan Yatim Piatu dan SMP Swadaya yang terletak di Jalan H. Agus Salim, Gang Raja Muda. Kemudian ada empat PAUD (pendidikan anak usia dini): PAUD Harapan Bunda, PAUD As Syifah, PAUD Al Zikir, dan PAUD Kencana. Kemudian ada tiga TK: TK Nurul Iman, TK Aisyah II, dan TK Aisyah III. “Kemudian di kelurahan ini ada lembaga pendidikan yang bernama Borobudur. Kami juga memiliki tujuh mesjid dan 19 musala,” kata Lurah Kelapa tiga Aiman yang sebelumnya bekerja di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bandar Lampung ini. Di bidang pelayanan kesehatan, kelurahan yang memiliki 38 RT dan 3 Lingkungan ini menyediakan pos kesehatan kelurahan (poskeskel) untuk melayani berbagai keluhan dan kesehatan warganya. Poskeskel yang merupakan program dari Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N ini memiliki satu bidan dan dua perawat. Selain itu, kelurahan ini pun memiliki delapan posyandu yang bernama posyandu kencana satu hingga delapan. Kemudian, kelurahan ini pun memiliki satu balai pengobatan dan empat apotek. Saat pelayanan posyandu bagi ibu dan anak, kelurahan yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua setelah Kelurahan Kaliawi ini juga melayani posyandu bagi lansia (lanjut usia). “Ka m i juga a ka n men i ngkatkan kebersihan lingkungan kelurahan sesuai dengan arahan Wali Kota. Selain itu, akan mendukung program e-KTP dan program-program lainnya,” kata Aiman. (MG5/K-2)

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±

±

kamis, 2 FEBRUARI 2012 lampung post

PERPARKIRAN

Portal Jadi Penghambat Penerapan ‘e-Parking’ ±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Penerapan elektronik parkir (eparking) di Bandar Lampung kembali mundur dari jadwal yang ditetapkan. Belum terpasangnya portal pembatas menjadi hambatan pelaksanaan sistem penarikan retribusi parkir. “Portal belum juga terpasang sehingga kami masih harus mempertimbangkan dahulu untuk mengoperasikannya saat ini. Meskipun di satu sisi kami sangat menghendaki bulan ini sudah dioperasikan minimal uji coba,” kata Normansyah, kepala Dinas Perhubungan Bandar Lampung, Rabu (1-2). Menurut dia, persiapan pengoperasian e-parking telah dilaksanakan. Bahkan, pekan lalu pihaknya memastikan fasilitas e-parking sudah dapat dinikmati warga. Namun, pemasangan portal pada gang-gang yang ada di kawasan Pasar Tengah belum juga terealisasi. Portal yang dipasang kembali merupakan portal yang sebelumnya telah dicabut sehingga tidak akan ada lagi lalu lalang motor di

area tersebut. Akan percuma jika akses keluar masuk bagi kendaraan masih terbuka, sementara sistem e-parking telah dijalankan. Namun, dalam waktu dekat pihaknya mewujudkan keinginan masyarakat mendapatkan kenyaman memarkirkan kendaraan. Selain akan mendapatkan penataan parkir yang terbaik, masyarakat juga akan mendapatkan kenyamanan dalam pembayaran retribusi. Selama ini banyak keluhan masyarakat yang merasa dirugikan dengan dua kali pembayaran parkir. Warga dipaksa bayar parkir oleh petugas Dishub yang berada di sisi depan areal perbelanjaan dan kembali harus membayar bila ingin parkir, seperti tempat parkir di area pertokoan Pangkal Pinang. Boks e-parking diletakkan di Jalan Pemuda, Jalan Bengkulu, dan Brigjen Katamso. Jika pengoperasian e-parking sela lu ditunda ma ka bukan tida k mungkin tujuan awa l pelaksanaan e-parking untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD). (VER/K-1)

±

n lampung post/ZaInuDDIn

TEs sOPiR BRT. Dua ratusan calon sopir bus trans-Bandar lampung menjalani tes mengemudi di lapangan sumpah pemuda, Way Halim, Rabu (2-1). pihak pemkot melibatkan satlantas polresta Bandar lampung yang dipimpin Kanit Dikyasa aKp aditya untuk menguji para calon sopir BRt tersebut.

jurusan, BRT Trans-Bandar Lampung kini telah melayani

±

±

±

mulai dioperasikan Rabu (1-2). Dengan tambahan satu

an nya, Mila kembali memesan sejumlah mebel jati ukir senilai Rp41,9 juta. Belum selesai di situ, Mila kembali memesan sejumlah mebel, antara lain meja makan dan dipan senilai Rp59 juta, semuanya belum juga dibayar hingga kini. “Saya juga bingung, kenapa selalu mengiyakan permintaan pesanan Mila yang selalu berjanji akan bayar beberapa hari kemudian, sepertinya saya kena hipnosis,” kata Indra. Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Syaiful Wahyudi mengatakan pihaknya sudah menerima laporan dugaan penipuan dan penggelapan itu. “Pasti kami tindak lanjuti, terutama mengenai sejauh mana kebenaran laporan itu,” ujarnya. Korban penipuan Mila lainnya adalah pemilik sebuah butik, Dewi Adriyanti (38). Modusnya sama, Mila membeli barang dan berjanji membayarnya beberapa hari kemudian. (mg7/K-1)

CMYK

I3

Rute Korpri-Sukaraja Dibuka

Trans-Bandar Lampung jurusan korpri—sukaraja

3 Korban Penipuan Melapor ke Polisi

±

CMYK

Bandar Lampung

BaNDaR LamPUNG (Lampost): Bus rapid transit (BRT)

KRIMINALITAS

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tiga korban penipuan, yakni Indra Sasmita (32), Dewi Adriyanti (38), dan Ria (34), melaporkan HAM alias Mila ke polisi. Wanita ini diduga menipu pengusaha jati ukir dan pemilik butik. Indra mengatakan laporannya ke polisi tertuang dalam nomor LP/B-0438/II/2012/LPG/RESTA BALAM tanggal 1 Februari 2012. “Laporan ini kami buat agar pelaku dapat diproses sesuai hukum yang berlaku dan berharap kejelasan uang kami nantinya,” ujar Indra di Polresta Bandar Lampung, Rabu (1-2). Indra menjelaskan Mila menipu dia ketika membeli seperangkat kursi tamu pada Oktober 2011 seharga Rp4,5 juta. Karena percaya, pesanan kursi Mila diantar ke rumahnya di Telukbetung. Namun, pelaku hanya membayar Rp2,5 juta saat itu dan berjanji membayar sisanya. Belum juga membayar kekurang-

±

CMYK

dua rute yang sebelumnya hanya memiliki rute sukaraja—Rajabasa. Pemantauan Lampung Post, BRT jurusan Korpri—Sukaraja telah hilir mudik melayani penumpang sejak pukul 07.00. Meskipun belum begitu berhasil menjaring penumpang dalam jumlah besar, bus yang melalui Jalan Wolter Monginsidi juga diminati warga. Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung Normansyah, Rabu (1-2), mengatakan beroperasinya bus jurusan Perum Korpri—Sukaraja didasarkan permintaan masyarakat sehingga

untuk tahap awal rute baru itu didukung 20 unit bus. “Ya mulai hari ini (kemarin, red) rute Korpri—Sukaraja dioperasikan, ini semua didasarkan dari permintaan masyarakat yang menginginkan agar rute itu segera melayani warga,” kata Normansyah yang ditemui di sela-sela peluncuran KRD Way Umpu di Stasiun Kereta Api Tanjungkarang. Sedangkan lima rute yang telah direncanakan akan dioperasikan

secara bertahap. Sejumlah jurusan yang akan dilayani ialah Rajabasa—Panjang, Kemiling—Jalan Ir. Sutami, Kemiling—Sukaraja, Rajabasa—Pasar Cimeng, dan Pasir Putih—Srengsem—Lempasing. Mengenai pembangunan halte, lanjutnya, saat ini Pemkot akan melakukan pertemuan dengan asosiasi reklame. Sebab, pihak ketiga, CV Devis Advertising, yang dipercaya melakukan pembangunan seluruh halte belum mampu bekerja optimal. “Kami akan rapat untuk memutuskan apakah mereka sanggup untuk membuat secara keseluruhan halte yang direncanakan sebanyak 165 halte,” ujar dia. Jika dalam pertemuan nanti tidak bisa memenuhi secara keseluruhan, pembuatan halte akan

dialihkan kepada pihak lain. DamRi

Selain adanya pemandangan baru, yakni hilir mudiknya BRT jurusan Perum Korpri—Sukaraja, ternyata bus DAMRI tetap beroperasi keliling Kota Bandar Lampung. Padahal, berdasarkan kesepakatan dalam pertemuan antara Dinas Perhubungan Bandar Lampung, Organda Bandar Lampung, konsorsium BRT, dan UPT DAMRI di Rumah Makan Garuda, 20 Desember 2012, bus DAMRI tidak akan beroperasi lagi. Saat itu DAMRI bersedia bergabung dalam satu konsorsium Trans-Bandar Lampung dengan mendapat porsi 20 unit kendaraan dalam bentuk saham. DAMRI akan mendapat tambahan lima

unit kendaraan jika load factor memungkinkan dalam waktu dua tahun. Normansyah mengatakan DAMRI telah mengajukan surat keberatan atas tidak diperkenankannya lagi beroperasi. “Ya mereka mengajukan surat keberatan. Kalau semua DAMRI langsung tidak bisa beroperasi lagi. Pihak DAMRI dalam suratnya meminta juga agar penghapusan beroperasi DAMRI dapat dilakukan secara bertahap,” katanya. Untuk saat ini, DAMRI yang beroperasi sebanyak 26 unit, melayani jurusan Sukaraja--Tanjungkarang, Tanjungkarang—Rajabasa, Tanjungkarang—Korpri. “Dari 26 unit tersebut, pihak DAMRI meminta agar pengurangan beroperasi hanya sebanyak 13. Sedangkan 13 lainya tetap beroperasi,” kata dia. (VER/K-1)

TENAGA KESEHATAN

HUKUM

Dinkes Datangkan 113 Dokter

Khairul Bakti Cabut Gugatan Perdata PAW

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung mendatangkan 113 dokter lulusan Universitas Trisakti ke Lampung untuk mengikuti pro-

gram internsip. Sebanyak 113 dokter itu akan ada di Lampung selama satu tahun dan tersebar di rumah sakit serta puskesmas di tujuh kabupaten/ kota, seperti Lampung Selatan, Lampung Utara, Tanggamus, Lampung Tengah, Pringsewu, Lampung Timur, dan Bandar Lampung. Kepa la Dinas Kesehatan Lampung Reihana mengatakan instansinya mengusulkan pelaksanaan program internsip ini kepada Kementerian Kesehatan sebagai salah satu upaya menutup kekurangan dokter di Lampung. Saat ini, ujar dia, rasio tenaga dokter di Lampung hanya 13,03 orang per 100 ribu penduduk. Sementara angka ideal secara nasional harus ada 40 dokter yang melayani 100 ribu penduduk. Walaupun satu angkatan pada program internsip hanya bertugas satu tahun di Lampung, tahun berikutnya ada ratusan dokter lagi yang meng-

±

ikuti program ini di Lampung. “Artinya, kebutuhan dokter di Lampung bisa tercukupi oleh peserta program ini setiap tahunnya,” kata Reihana saat membuka program itu di Aula Dinas Kesehatan Lampung, Rabu (1-2). Pelaksanaan program ini juga bisa menyentuh pelayanan masyarakat tingkat terbawah karena dokter yang baru lulus ini juga akan ditempatkan di puskesmas. Reihana berharap para dokter ini bisa membantu Dinkes Lampung dalam mencapai program kesehatan prioritas, seperti perbaikan gizi masyarakat, penurunan angka kematian ibu dan anak, meningkatkan derajat kesehatan ibu, dan penyehatan lingkungan. “Semoga saja dari sekian banyak dokter internsip ini, ada yang mau melanjutkan PTT di Lampung atau bisa direkrut pemerintah kabupaten/kota sebagai dokter tetap. Dengan demikian, kekurangan dokter di Lampung bisa teratasi,” ujar dia. (lIn/K-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Khairul Bakti, mantan wakil ketua DPRD Kota Bandar Lampung (penggugat), mengajukan pencabutan gugatan perdata kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang. Hal itu terkait mekanisme pemberhentian dirinya sebagai anggota Fraksi Golkar DPRD Bandar Lampung yang dinilai tidak sesuai prosedur, Rabu (1-2). Terungkap dalam sidang perdata yang pimpin Ronal S. Bya, seharusnya agenda sidang merupakan replik (jawaban dari atas eksepsi tergugat) dari penggugat. Namun, penasihat hukum penggugat mengajukan pencabutan gugatan. “Mohon izin Majelis Hakim yang mulia. Izinkan kami mengajukan pencabutan gugatan,” kata penasihat hukum penggugat, Ardian Angga dan Ahmad Basuki, sambil menyerahkan surat pencabutan gugatan kepada Majelis Hakim.

Kuasa hu kum penggugat, Khairul Bakti, mengatakan pencabutan dilakukan karena tergugat sudah menindaklanjuti permohonan Khairul. “Permohonan penghentian tergugat sudah ada klarifikasi,” ujar kuasa hukum penggugat, Ardian Angga. Gugatan perdata tersebut melawan wakil ketua DPRD Kota Bandar Lampung, DPP, DPD I, DPD II Partai Golkar, Gubernur Lampung, ketua DPRD, dan KPU Kota Bandar Lampung. Dalam sidang perdata itu, DPP Partai Golkar sebagai tergugat I, DPD I Partai Golkar Provinsi Lampung tergugat II, DPD II Partai Golkar Bandar Lampung tergugat III, Gubernur Lampung tergugat IV, Ketua DPRD Kota tergugat V, serta KPU Kota Bandar Lampung tergugat VI. Awalnya, pengajuan gugatan terkait mekanisme pemberhentian Khairul Bakti sebagai anggota Fraksi Golkar . (mg6/K-2)

CMYK

±

±

±

–

–

CMYK

CMYK

I4

Bandar Lampung

KAMIS, 2 FEBRUARI 2012 LAMPUNG POST

–

Jalan Semakin Rusak

LINTAS Tiga Pimpinan Polres Diganti BANDAR LAMPUNG̶Sebanyak tiga pimpinan tingkat Polres dimutasi dari jabatannya dan digantikan pejabat yang baru. Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih mengatakan tiga pejabat yang diganti adalah Kapolres Way Kanan AKBP Agus Prianto menjadi Irbidops Itwasda Polda Lampung, Kapolres Metro AKBP Abrar Tuntalanai menjadi Kapolres Lampung Timur, dan Kapolres Lampung Timur AKBP Bambang Haryanto menjadi Kasubbaglahtalek Baginfopers Robinkar SSDM Polri. (MG7/K-2)

ASET DAERAH

Penglepasan Tanah Terganjal di Dewan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Penglepasan tanah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung kepada masyarakat Way Dadi, Sukarame, terhambat persoalan di DPRD Lampung. Menurut Kepala Biro Aset dan Perlengkapan Sekprov Ali Subaidi, besar ganti rugi lahan seluas 89 hektare yang harus dibayar masyarakat kepada Pemprov itu harus berdasarkan persetujuan DPRD. Sementara itu, ujar Ali, kini panitia khusus (pansus) di DPRD yang akan membahas berbagai ketentuan tentang ganti rugi lahan itu belum terbentuk. “Karena sejauh ini belum ada pansus, jadi harga dasar ganti ruginya belum bisa ditetapkan. Harus menunggu pansus ini terbentuk dan bekerja dulu, karena mereka yang menentukan siapa penilai asetnya dan berapa harganya,” kata Ali usai menghadiri peresmian kereta rel diesel (KRD) Way Umpu di Stasiun KA

Tanjungkarang, Rabu (1-2). Sambil menunggu penetapan harga lahan, Ali mengimbau masyarakat untuk menyiapkan biaya ganti rugi lahan yang mereka tempati selama ini. Sebab, dalam proses penglepasan lahan milik pemerintah, tidak boleh digratiskan dan harus ada ganti rugi. Ketua Komisi I DPRD Lampung Ismet Roni mengatakan Dewan merasa tidak keberatan dalam melakukan penglepasan hak. Namun, masyarakat diharuskan mengeluarkan biaya yang besarannya disesuaikan dengan ketentuan. “Penglepasan kami setujui. Namun, jangan sampai gratis, seolah-olah masyarakat tidak mengeluarkan uang. Untuk itu, ukuran cara pembayarannya juga harus ditetapkan, apakah mengikuti NJOP, harga transaksi, atau harga musyawarah. Untuk itulah hal ini yang akan kami bahas bersama Pemprov Lampung,” ujar dia. (LIN/K-2)

ANGGARAN

Dispora Lampung Salah Sebutkan Jumlah Dana BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lampung dituduh membohongi publik terkait dengan jumlah anggaran olahraga tahun 2012. Saat konferensi pers usai rapat pertemuan antara jajaran Dispora Lampung dan KONI Lampung, Selasa (31-1), Kadispora Lampung Sugiarto melansir dana anggaran olahraga khusus untuk Dispora Lampung sejumlah Rp7,2 miliar. Dana tersebut terbagi untuk belanja gaji pegawai senilai Rp3,4 miliar dan untuk program kegiatan olahraga sebesar Rp3,8 miliar. Jumlah dana yang disampaikan Kadispora Lampung secara tegas dibantah Komisi V DPRD Lampung. Mereka menilai Kadispora hanya asal bicara dan tidak memahami anggaran secara baik. Anggota Komisi V DPRD Lampung Toto Herwantoko, yang ditemui di ruangannya, Rabu (1-2), menunjukkan draf anggaran Dispora Lampung tahun

2012 senilai Rp25,05 miliar. Total anggaran tersebut terbagi untuk KONI Lampung sebesar Rp16,5 miliar dan sisanya sekitar Rp8 miliar lebih merupakan anggaran khusus Dispora Lampung. Dana sekitar Rp8 miliar lebih tersebut, ujar Toto, di luar anggaran untuk belanja pegawai, gaji, dan tunjangan Dispora Lampung, yakni sebesar Rp5,560 miliar. “Jadi, total anggaran Dispora Lampung tahun 2012 mencapai lebih dari Rp13 miliar. Jadi, tidak benar jika anggarannya hanya Rp7,2 miliar. Mana mungkin sekecil itu,” ujar Toto, didampingi anggota Komisi V lainnya, Firman Yani. Sementara itu, Kadispora Lampung Sugiarto merevisi jumlah anggaran yang pernah disampaikan sebelumnya. Melalui pesan pendek, Sugiarto menerangkan untuk tahun 2012, pihaknya mendapatkan anggaran belanja tidak langsung sebesar Rp5,650 miliar dan belanja tidak langsung Rp8,250 miliar. (YAR/K-2)

„ LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

Kondisi Jalan Soekarno-Hatta (by pass) di kawasan Way Lunik, Panjang, semakin parah, Selasa (31-1). Jalan tersebut sebagian menjadi kubangan, sehingga kendaraan harus berhati-hati saat melintasi jalan tersebut.

DBD di Lampung kian Mengganas BANDAR LAMPUNG (Lampost): Serangan demam

Kewaspadaan Dini

Kewaspadaan masyarakat, ujar berdarah dengue (DBD) di Lampung kian mengganas. Reihana, bisa dilakukan dengan Sampai akhir Januari 2012, sebanyak 924 warga Lampung program pemberantasan sarang tercatat menderita DBD, delapan di antaranya meninggal nyamuk (PSN), yaitu dengan pola 3M plus; mengubur kaleng bekas

dunia.

Sementara data Desember 2011 lalu, jumlah penderita DBD hanya 507 orang. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Reihana menjelaskan serangan DBD sejak awal tahun ini memang sudah diprediksi karena penyakit DBD memiliki siklus puncak setiap lima tahun. Walaupun di beberapa daerah seperti Lampung Utara sudah mengalami penurunan, Reihana mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap waspada karena musim hujan masih panjang dan perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti masih bisa terus terjadi.

Apalagi, kata dia, tipikal hujan di Lampung tidak turun terusmenerus sepanjang hari, tetapi masih ada panas di sela-sela hujan. Kondisi ini menyebabkan nyamuk memiliki waktu berkembang biak di tempat air yang menggenang. “Jadi, yang paling utama saat ini adalah kewaspadaan masyarakat. Upaya pengasapan atau fogging dari Dinas Kesehatan hanya bermanfaat sesaat saja karena yang dibunuh hanya nyamuk dewasa,” kata Reihana, usai menghadiri pembekalan program internsip dokter di Aula Dinas Kesehatan, Rabu (1-2).

Jumlah Kasus DBD di Kabupaten/Kota Januari 2012 Daerah Lampung Utara Bandar Lampung Lampung Selatan Metro Pesawaran Tulangbawang Lampung Timur Pringsewu Lampung tengah Tanggamus Tuba Barat Way Kanan Lampung Barat Mesuji Total

Jumlah 186 165 110 76 73 73 61 60 45 20 20 18 10 7 924 kasus

dan barang-barang yang bisa menjadi tempat bertelurnya nyamuk, menutup tempat penampungan air, dan menguras bak mandi lima sampai tujuh hari sekali untuk memutus perkembangbiakan nyamuk. Sementara plusnya adalah dengan memakai lotion antinyamuk atau menggunakan kelambu untuk mencegah gigitan nyamuk. Pemberantasan sarang nyamuk ini bisa lebih efektif ketimbang pengasapan yang hanya membunuh nyamuk dewasa saja. “Pemberantasan sarang nyamuk dilakukan untuk memutus rantai perkembangbiakan nyamuk sehingga virus tidak bisa disebar. Jadi, masyarakat harus melakukan itu untuk menghindari penularan virus DBD,” ujar Reihana. Dinas Kesehatan Provinsi juga sudah menambah 10% logistik penanganan DBD, seperti abate

dan obat pengasapan. Tahun ini, Dinkes Lampung menyiapkan 775 paket insektisida untuk pengasapan ditambah insektisida dari kabupaten/kota sebanyak 2.000 paket, masing-masing terdiri dari 20 liter. Selain itu, obat fogging lainnya yaitu malasion juga tersedia sebanyak 1.600 paket yang disebar ke daerah paling rawan dan tinggi penderita. Daerah itu adalah Lampung Utara, Lampung Selatan, Pesawaran, Metro, dan Pringsewu. Sementara abate yang disiapkan untuk membunuh jentik dan telur nyamuk mencapai 825 paket abate. “Jumlah tersebut sudah lebih banyak dibandingkan tahun lalu karena kami tambah 10%. Kami sudah memprediksi adanya siklus ledakan kasus DBD setiap lima tahun,” kata Reihana. (LIN/K-2)

INFRASTRUKTUR

Sjachroedin Bangun Proyek Monumental BANDAR LAMPUNG (Lampost): Selama menjabat gubernur Lampung, Sjachroedin Z.P. membangun proyek monumental, antara lain Menara Siger, merancang kota baru, jembatan Selat Sunda, KRD Seminung, dan Bandara Radin Inten II menjadi embarkasi haji. “Proyek itu digagas dari awal memimpin Lampung. Alhamdulillah, kerja keras serta dorongan masyarakat sudah terealisasi,” kata Sjachroedin di sela-sela membesuk Pemimpin Umum/Pemimpin Pe-

rusahaan Lampung Ekspres Plus Harun Muda Indrajaya di kediamannya, Rabu (1-2). Gubernur memaparkan pembangunan itu untuk rakyat Lampung puluhan tahun mendatang. Dia mencontohkan ketika dilantik menjadi gubernur, APBD Lampung Rp750 juta. Kini APBD mencapai lebih dari Rp2,1 triliun. Dalam memaparkan hasil pembangunannya, Sjachroedin melemparkan joke-joke lucu sehingga tidak terasa selama 1,5 jam, dia bertandang ke kediaman Harun melihat kondisi fisik setelah sakit beberapa bulan. Mantan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung itu sendiri merupakan salah seorang yang memotivasi Sjachroedin untuk mencalonkan diri

menjadi gubernur. “Selain Sutan Syahrir, Harun inilah yang mendorong saya agar mencalonkan diri. Saya ditanya, berani apa tidak nyalon gubernur. Saya jawab, kenapa tidak. Dengan niat membangun Lampung, saya nyalon gubernur dan mendapat dukungan dari berbagai pihak,” kata Sjachroedin. Hingga hari ini, menurut Sjachroedin, dia merasa tidak pernah menetapkan kebijakan salah dalam memimpin Lampung. Apalagi dia merasa tidak pernah bermainmain dalam APBD. “Itu merugikan daerah. Begitu juga berita pembangunan terkadang tidak sesuai keadaan yang sesungguhnya. Saya tidak pernah marah-marah,” kata mantan Deputi Operasi Kapolri. Ikut hadir dalam silaturahmi

„ DOKUMENTASI LE-PLUS

MENJENGUK HMI. Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. menjenguk Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan Lampung Ekspres Plus Harun Muda Indrajaya (HMI) di kediamannya, Rabu (1-2). Beberapa bulan terakhir ini, Harun mengalami sakit pada bagian kedua kakinya.

Sjachroedin dengan Harun Muda, antara lain Kadiskominfo Lampung Sutoto, Ketua Majelis Pertimbangan Adat Lampung Sutan Syahrir Oe, Redaktur Pelaksana

Lampung Post Iskandar Zulkarnain, Ketua Lampung Sai Irwan Nasution, Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian, dan Direksi Radar Group Ardiansyah. (IKZ/K-2)

NARKOBA

Bandar Terancam 5 Tahun Penjara BANDAR LAMPUNG (Lampost): Lagi-lagi kasus narkoba. Kali ini polisi menangkap Muhammad Jupri (32), seorang tersangka bandar narkoba, di rumahnya, Jalan Pemuda, Gang Kuweni, Tanjungkarang Pusat, Selasa (31-1), sekitar pukul 07.00. Kasubdit I Direktorat Resesrse Narkoba Polda Lampung AKBP Parulian Simamora menyatakan Jupri akan dijerat dengan Pasal 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman 5 tahun hingga 20 tahun penjara. “Sudah beberapa pekan terakhir kami mengintai gerakgerik tersangka. Setelah mendapat kepastian Jupri merupakan pengedar, akhirnya anggota kami berpura-pura menjadi pembeli,” ujar Simamora, Selasa (31-1).

–

CMYK

–

Anggota polisi yang menyamar tersebut mengadakan janji bertemu dengan tersangka di kediamannya di Jalan Pemuda, Gang Kuweni Nomor 33, Tanjungkarang Pusat, Selasa (31-1), pukul 07.00. Saat berjumpa dengan tersangka, anggota yang menyamar langsung membekuk Jupri, kemudian melakukan penggeledahan di rumahnya. Polisi menemukan satu paket daun ganja kering seberat 10 gram dan satu paket sabu-sabu seberat 4,6 gram. Berdasarkan pengakuan tersangka, dia mendapat pasokan barang haram tersebut dari LO. Jupri mengambil barang tersebut dari WI, kurir LO, kemudian dia menjual kembali di lingkungan kediamannya. Menurut Simamora, Jupri secara

berkala membeli barang haram tersebut setiap dua pekan, dan dia sudah tiga bulan terakhir menjalankan bisnis haram tersebut. Aparat yang berwajib saat ini masih mengembangkan perkara ini lebih jauh, diduga LO merupakan pengedar narkoba dengan skala lebih besar. Saat ini Jupri diamankan beserta barang bukti berupa narkoba dan satu unit timbangan. Akibat perbuatannya, tersangka akan dijerat Pasal 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman 5 tahun penjara hingga 20 tahun penjara. Sebelumnya, Direktorat Reserse Narkobna Polda Lampung mengungkap 12 perkara penyalahgunaan narkotika selama Januari 2012. Dari 12 perkara ini, polisi menga-

mankan 15 tersangka yang terbukti menggunakan, memiliki, dan mengedarkan narkoba. Menurut Parulian, kebanyakan pengungkapan didasarkan laporan dari masyarakat ke polisi. Perkara dengan barang bukti terbanyak, yakni 15 paket sabusabu dengan tersangka Medio Agustian (35), warga Jalan Dr. Susilo, Telukbetung Utara. Sejumlah warga berharap polisi terus melakukan razia narkotika karena ada kekhawatiran bisa merambah ke kalangan pemuda secara lebih luas lagi. “Saya khawatir anak-anak kita bisa menjadi korban. Makanya, saya dukung polisi menangkapi semua pemakai dan pengedar narkotika,” kata seorang ibu rumah tangga di Telukbetung. (MG7/K-1)

CMYK

–

–

–

CMYK

Nasional

KAMIS, 2 FEBRUARI 2012 LAMPUNG POST

I5

Vonis Nenek Rasminah Keterlaluan

LINTAS 6 Anggota BIN Gadungan Ditangkap PALEMBANG̶Di tengah pertemuan Konferensi Parlemen NegaraNegara Islam (PUIC) di Hotel Aryaduta, Jalan POM IX, Palembang, muncul enam orang yang mengaku sebagai anggota Badan Intelijen Negara (BIN). Mereka ditangkap aparat keamanan saat berada di lantai VII hotel tersebut. Penangkapan ini cukup menggemparkan pengunjung hotel maupun yang berada di kawasan Palembang Square (PS). Pasalnya, penangkapan ini dilakukan sejumlah anggota Brimob dari Polda Sumsel dengan senjata lengkap, Selasa (31-1) sore. (DTC/U-4)

Enam Suku Tuntut Mabes TNI

JAKARTA (Lampost): Vonis Mahkamah Agung (MA)

KUPANG̶Enam suku di Kupang, Nusa Tenggara Timur, menuntut Mabes TNI segera mengembalikan tanah mereka seluas 543 ha yang dikuasai Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara (AU) Kupang. Enam suku pemilik lahan itu adalah Tahuba, Banu, Nifu, Saba at, Lael, dan Ome. Mereka juga melaporkan kasus penguasaan tanah tersebut ke institusi penegak hukum. Dan Neno, juru bicara enam suku, mengatakan TNI AU menguasai tanah mereka dengan status hak pakai sejak 1987. (MI/U-4)

terhadap Rasminah (54) berupa hukuman 4 bulan 10 hari lantaran dituding mencuri piring terus menuai kecaman. Kuasa hukum Rasminah, Hotma Sitompul, menilai putusan itu keterlaluan.

CEK PELAWAT

Nunun Tidak Tahu Sponsor Pemenangan JAKARTA (Lampost): Nunun Nurbaeti kembali diperiksa penyidik KPK. Tersangka kasus cek pelawat ini mengaku tidak mengetahui siapa yang menjadi penyandang dana cek pelawat dalam pemenangan Miranda Swaray Gultom sebagai deputi gubernur senior BI pada 2004. “Saya tidak tahu,” kata Nunun ketika ditanya siapa penyandang dana cek pelawat, usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (1-2) siang. Mengenai pemeriksaan, Nunun mengatakan dia mengaku tidak ada kemajuan yang berarti. “Tidak ada yang baru seperti yang kalian tahu,” ujar istri mantan Wakapolri Adang Daradjatun ini. Di dalam persidangan para anggota DPR periode 1999-2004, terungkap ada cek pelawat dengan total nilai Rp24 miliar digelontorkan BII melalui permintaan

Bank Arta Graha. Cek pelawat inilah yang akhirnya sampai ke tangan anggota Dewan dan belakangan diusut KPK. Pihak yang mensponsori cek senilai Rp24 miliar itu masih misterius. KPK memastikan tetap memburu aktor-aktor lain di belakang Miranda. Sebelum nya, Selasa (31-1), KPK memeriksa tiga direksi PT First Mujur Plantation Industry (PT FMPI). Tiga direksi itu adalah F.X. Sutrisno Gunawan selaku wakil komisaris utama, Ronald Harijanto (komisaris), dan Yan Eli Mangatas Siahaan (komisaris). Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan ini mengatakan KPK tidak akan membuang waktu dengan memeriksa pihak-pihak yang memang tidak memiliki indikasi keterlibatan. Semuanya masih dalam pengembangan dan sedang dilakukan oleh penyidik. (DTC/U-4)

„ MEDIA INDONESIA

JABAT HANGAT. Ketua Umum Nasional Demokrat menjabat tangan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam malam puncak HUT ke-2 Nasdem di Hotel Harris, Bandung, semalam (1-2). „ ORMAS NASDEM...Hlm. 7

ORMAS

HUT Nasdem Dimeriahkan Kesenian Angklung BANDUNG (Lampost): Puncak HUT ke-2 Ormas Nasional Demokrat tadi malam di Hotel Haris, Bandung, Jawa Barat, dime-

ADVERTORIAL

Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan Luncurkan Jamkesta dan Resmikan RSUD

„ LAMPUNG POST/SAYUTI

RESMIKAN GEDUNG BARU RSUD. Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan menandatangani prasasti pembangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotaagung. Peresmian itu bersamaan peluncuran program Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) di halaman RSUD Kotaagung, Rabu (1-2). upati Tanggamus Bambang Kurniawan meluncurkan program Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) di kabupaten itu, Rabu (1-2). Peluncuran program pelayanan kesehatan gratis bagi semua lapisan masyarakat Bumi Begawi Jejama itu berbarengan dengan peresmian gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotaagung. Dalam sambutannya, Bambang Kurniawan mengatakan jauh sebelum program Jamkesta diluncurkan, Pemkab tepatnya pada 2008 telah melakukan terobosan menggratiskan pelayanan kesehatan dasar bagi warga Tanggamus. Selain itu, untuk menjangkau pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat, Pemkab juga telah membentuk posyandu plus, pembangunan pustu dan puskesmas rawat inap. Kemudian juga penempatan bidan desa di seluruh pekon seTanggamus dan pembangunan serta restorasi RSUD Kotaagung, seperti penambahan dokter spesialis juga tenaga kesehatan lainnya. Pada hari ini, kami meresmikan pemakaian gedung baru RSUD Kotaagung yang menghabiskan dana Rp5,9 miliar. Keberadaan RSUD yang mewah, megah,

B

–

dan fasilitas yang lengkap ini dalam rangka menunjang program Jamkesta yang kita launcing hari ini, kata Bambang Kurniawan. Tidak puas sampai di situ, kata Bambang, Pemkab Tanggamus tahun ini kembali mendapat tugas perbantuan dari APBN senilai Rp15 miliar yang Rp7,5 miliar di antaranya untuk RSUD Kotaagung. Silakan dana Rp7,5 miliar untuk RSUD ini digunakan untuk apa bagi pelayanan masyarakat, kata dia. Menyinggung program Jamkesta, suami Ny. Dewi Handayani itu mengatakan Jamkesta merupakan dambaan masyarakat Tanggamus yang belum mempunyai jaminan kesehatan. Sebab, bakal menjamin masyarakat mendapat manfaat pemeliharaan dan perlindungan memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Diharapkan Jamkesta Tanggamus 2012 terlaksana dengan baik berkat dukungan semua pihak disertai peningkatan fasilitas pelayanan dan sumber daya lainnya, serta pengelola jaminan kesehatan yang profesional, kata dia. Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus Nur Indrati di sela-sela peluncuran Jamkesta mengatakan dengan diluncurkannya

CMYK

–

CMYK

program Jamkesta, seluruh masyarakat Tanggamus dapat pelayanan kesehatan gratis. Baik warga dari kalangan tidak mampu maupun keluarga mampu. Cukup menujukan KTP, SIM, kartu keluarga, paspor, atau surat keterangan penduduk Tanggamus, maka langsung bisa dilayani kesehatan secara gratis, kata Nur. Menurut dia, Jamkesta Tanggamus adalah jaminan ke sehatan yang diberikan ke seluruh masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan, seperti Askes, Jamsostek, Asabri, Jamkesmas, Jamkesda, atau jaminan kesehatan lainnya. Tujuannya meningkatkan askes dan mutu pelayanan kesehatan masyarakat Tanggamus sehingga meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan. Jenis pelayanan kesehatan program Jamkesta itu sama dengan Jamkesmas dan Jamkesda. Meliputi rawat jalan tingkat pertama, rawat inap tingkat pertama, rawat jalan tingkat lanjutan (RJTL), rawat inap tingkat lanjutan (RITL), perawatan obat untuk RJTL dan RITL, dan penunjang diagnostik, dan tindakan medis ringan sampai dengan canggih. Dengan Jamkesta ini, masyarakat bisa mendapat pelayanan kesehatan gratis di puskesmas, puskesmas rawat inap dan jaringannya, RSUD Kotaagung, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lampung dan RSUD Abdul Moeloek sebagai rujukan tertinggi, kata Nur. Kemudian, untuk 2012 Pemkab menganggarkan dana Rp3 miliar untuk program Jamkesta. Meski terbilang kecil dengan anggaran Rp3 miliar setahun, kami harapkan program ini berjalan optimal. Seharusnya, sesuai aturan untuk kabupaten anggaran Rp16 miliar. Tetapi, untuk diketahui Tanggamus mendahului program Jamkesta ini dua tahun, sebab pusat sendiri baru meluncurkannya 2014, kata dia. (SAYUTI/D-2)

riahkan dengan kesenian Saung Angklung Mang Udjo. Seni asli Jawa Barat itu disambut dengan apresiasi tinggi undangan yang hadir. Selain Ketua Umum Surya Paloh, juga hadir mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kesenian tradisi itu juga mengiringi unjuk kebolehan beberapa artis Ibu Kota. Perhelatan itu menjadi kolaborasi antara seni modern dan tradisional. Selain puncak acara tadi malam, sebelumnya juga dilakukan penamaman 3.000 batang singkong sebagai makanan alternatif kebutuhan pokok yang dapat juga digunakan sebagai bioenergi. Kegiatan bakti sosial lainnya ialah donor darah, operasi katarak gratis, dan serah terima 50 ambulans dari Nippon Foundation. Kepala Bidang (Kabid) Kaderisasi dan Keanggotaan Nasdem Ferry Mursyidan Baldan mengatakan ada beberapa rangkaian acara yang akan diselenggarakan pada peringatan HUT ke-2 Nasdem ini, di antaranya rakorsus (rapat koordinasi khusus), kegiatan donor darah, pemberian ambulans, dan malam perayaannya akan

menyajikan kolaborasi musik tradisional Saung Angklung Udjo dan Dwiki Darmawan. “Sebanyak tujuh ambulans yang akan dibagi-bagikan itu merupakan sumbangan dari Nippon Foundation yang diamanatkan kepada Ormas Nasdem untuk kegiatan sosial,” katanya, Selasa (1-1). Menurut dia, Nippon Foundation merupakan para pengusaha Indonesia keturunan Jepang dan kebetulan istri Ketua Umum Nasdem juga keturunan Jepang. Nippon Foundation mengamanatkan ambulans karena Nasdem merupakan ormas dan bukan partai politik. “Ketujuh ambulans yang akan diberikan itu tidak hanya untuk Jawa Barat, tapi untuk seluruh daerah. Teknisnya saya kurang hafal.” Sekjen Syamsul Maarif menambahkan di usianya yang genap dua tahun pada 1 Februari 2012, Nasdem sudah mampu menjadi organisasi massa besar. Dia menyebut ketika Nasdem memasuki usia kedua tahun ini sudah memiliki 10 juta pengikut. Banyak tokoh besar yang ikut bergabung dengan Nasdem, di antaranya Buya Syafii Maarif, Anis Baswedan, selain inisiator Surya Paloh. (U-4)

“Ha nc u r mel i hat put u s a n MA seperti itu. Polisi, jaksa, MA, semua absurd dan keterlaluan. Saya putus asa dengan sistem hukum kita,” ujar Hotma dalam jumpa pers di Jakarta, kemarin. Ia pun mendukung adanya gerak an mengumpulkan piring untuk MA. “Mungkin gerakan itu bisa mengubah putusan MA. Kalau perlu buat juga gerakan sup buntut untuk MA.” Rasminah memang tak harus menjalani hukuman kurungan karena vonis MA tersebut sesuai dengan masa penahanan dirinya selama penyidikan. Namun, bagi Hotma, putusan itu tetap saja melukai rasa keadilan. Apalagi proses hukum yang dijalani sang nenek sarat keganjilan. Hotma menguraikan Rasminah tidak didampingi penasihat hukum selama diperiksa polisi. Ia dilaporkan majikannya, Siti A isya h M.R . Soeka rnoputri, dengan tuduhan mencuri 1 kg buntut sapi untuk sup, enam piring, 500 gram perhiasan, dan uang dolar AS. Na mu n, saat sida ng ja k sa hanya mendakwanya mencuri enam piring. Keganjilan berla njut keti ka Majelis Ha k im PN Tangerang memutus bebas murni pada sidang 22 Desember 2010, tapi jaksa berkeras mengajukan kasasi. “Itu bebas murni, untuk apa kasasi ke MA? Jaksa mestinya diperiksa karena dalam memori kasasi mencantumkan ada emas sekian gram yang dicuri. Itu tidak ada. Apa jaksa mau bilang polisi mau hilangkan barang pelapor?

Kan tidak,” kata Hotma. Da la m Pa sa l 67 da n Pa sa l 244 KUHAP, secara tegas dilarang jaksa mengajukan kasasi putusan bebas. Namun, aturan itu dilanggar dengan keluarnya yurisprudensi MA No. K/275/ Pid/1983 yang membolehkan putusan bebas dapat ditindaklanjuti dengan kasasi. Menkumham Amir Syamsuddin juga menyesalkan putusan kasasi MA itu. “Seharusnya MA bisa mencari penyelesaian melalui jalur lain ketimbang menghukum Rasminah. Kita prihatin karena hukum hanya mudah

‘‘

Kita prihatin karena hukum hanya mudah diterapkan kepada golongan yang termarginalkan.

d iterapka n kepada golonga n yang termarginalkan. Seharusnya penegak hukum tidak kaku menerapkan peraturan kepada rakyat miskin dengan perkara ringan.” Terpisah, Wakil Jaksa Agung Darmono menyatakan pihaknya punya alasan kuat untuk mengajukan kasasi dalam kasus Rasminah. “Terhadap perkara yang bebas di mana jaksa memiliki alasan perkara itu bukan bebas murni, dimungkinkan untuk diajukan upa ya hukum berupa kasasi.” (MI/U-4)

„ ANTARA/M. AGUNG RAJASA

VONIS RASMINAH. Rasminah (kiri), didampingi kuasa hukumnya, Hotma Sitompul (kanan), memberikan keterangan mengenai tanggapan putusan Mahkamah Agung terhadap dirinya yang dituding mencuri piring oleh majikannya di LBH Mawar Saron, Jakarta, Rabu (1-2).

SIDANG TERORIS

Perakit Bom Diganjar 8 Tahun Penjara TANGERANG (Lampost): Perakit bom yang dipakai untuk meledakkan Masjid Adz Zikra di kompleks kantor Polres Cirebon tahun lalu diganjar hukuman penjara 8 tahun. Dalam pembacaan vonis di

Peng adilan Negeri Tangerang, Rabu (1-2), Majelis Hakim mengatakan Musola alias Saifullah alias Muhammad Ibrohim Musa terbukti membantu pelaku peledakan (Muhammad Syarif) melakukan tindak pidana terorisme.

Hakim mengatakan Musola merakit bom untuk diledakkan di masjid di kompleks Polres Cirebon. Jaksa menjerat Musola dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Terorisme. Dalam persidangan sebelumnya, jaksa meminta hakim menjatuhkan hukuman penjara 10 tahun. Yang juga divonis dalam kasus yang sama adalah Andri Siswanto. Hakim menjatuhkan hukuman penjara 5 tahun atau 2 tahun lebih ringan daripada tuntutan jaksa. Sukoharjo

„ ANTARA/ISMAR PATRIZKI

VONIS TERORIS. Terdakwa teroris Musola alias Saifullah berjalan menuju ruang tahanan saat akan menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Tangerang, Banten, Rabu (1-2). Majelis Hakim menjatuhkan vonis terhadap lima orang dari kelompok teroris Cirebon.

–

Pembacaan untuk tiga terdakwa lain yakni Achmad Basuki alias Uki bin Abdul Gofur, Arief Budiman bin Akmaludin Sastra, dan Mardiansyah ditunda. Kuasa hukum Mardiansyah mengatakan kliennya mempertanyakan salah satu barang bukti yang tidak ada di persidangan.

Hakim menunda pembacaan sidang hingga 8 Februari. Peledakan bom masjid di Polres Cirebon terjadi pada 15 April 2011. Sedikitnya 26 orang mengalami luka-luka dalam ledakan bom. Menurut polisi, serangan dilakukan Muhammad Syarif yang tewas dalam insiden ini. PN Tangerang kemarin juga membacakan vonis untuk beberapa terdakwa yang dikenal sebagai kelompok Sukoharjo. Dua di antaranya Zulkifli Lubis dan Saiful Mubaroq alias Jakim alias Zakim divonis 8 dan 5 tahun penjara. Vonis ini lebih ringan daripada tuntutan jaksa yang meminta hakim mengeluarkan vonis 10 tahun. Hakim mengatakan keduanya terbukti memberi bantuan, membeli, menyimpan, menguasai, dan menjual amunisi kepada beberapa tersangka pelaku terorisme. (DTC/U-4)

CMYK

–

±

±

CMYK

±

CMYK

Internasional

kamis, 2 februari 2012 lampUng post

I6

LiNTaS Jet Tempur Pakistan Gempur Taliban, 20 Tewas

±

iSLaMabaD—Pesawat-pesawat tempur Pakistan membombardir tempat persembunyian militan Taliban di wilayah barat laut Pakistan. Serangan udara ini menewaskan 20 militan Taliban. Jet-jet tempur Pakistan tersebut berhasil menghancurkan empat markas persembunyian Taliban yang ada di Distrik Orakzai. Gempuran ini diklaim sebagai yang terbesar yang pernah terjadi antara militer pemerintah dan militan Islam di dekat wilayah perbatasan Afghanistan. “Sedikitnya 20 militan Taliban tewas dalam pengeboman tersebut,” kata salah seorang pejabat militer setempat, seperti dilansir oleh AFP, Rabu (1-2). Lokasi yang digempur militer Pakistan itu dianggap sebagai markas persembunyian kelompok Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) dengan komandannya Mulla Tufan dan Moheyuddin. Pejabat keamanan setempat bahkan mengungkapkan Moheyuddin diduga ikut tewas dalam serangan yang dilakukan menjelang fajar tersebut. (U-3)

±

Irak Hukum Mati 17 Orang dalam Sehari

baGHDaD—Otoritas Irak kembali menghukum mati 17 narapidana. Mereka semua digantung mati pada hari yang sama. Dengan demikian, total sudah ada 51 orang yang dieksekusi mati di Irak pada awal tahun 2012. “Kementerian Kehakiman telah melaksanakan vonis (mati) terhadap 17 orang yang terbukti terlibat terorisme dan kejahatan kriminal pada Selasa (31-1). Kementerian terus melaksanakan sejumlah hukuman atas kejahatan kriminal sesuai dengan hukum dan konstitusi yang berlaku,” demikian pernyataan Menteri Kehakiman Irak Hassan alShammari, seperti dilansir oleh AFP, Rabu (1-2). Untuk bulan Januari saja, Juru Bicara Kementerian Kehakiman Haidar al-Saadi menyampaikan pihaknya telah menghukum mati sekitar 34 orang. Ini angka yang luar biasa jika dibandingkan tahun 2011 yang tercatat total 68 orang dihukum mati. Sedangkan untuk tahun 2012, jumlah total tahanan yang dieksekusi mati mencapai 51 orang, padahal ini baru bulan Februari. Semua eksekusi dilakukan dengan cara digantung mati. (U-3)

Menteri Yaman Lolos dari Percobaan Pembunuhan

SaNaa—Seorang menteri Yaman nyaris menjadi korban pembunuhan. Menteri Informasi Yaman yang baru diangkat itu lolos dari percobaan pembunuhan saat meninggalkan kantor pusat pemerintah di Sanaa, ibu kota Yaman. Mobil Ali Ahmed al-Amrani ditembaki oleh pria tidak dikenal. Beruntung Ahmed al-Amrani tidak terluka saat aksi penembakan itu. Dia ketika itu sedang menghadiri rapat kabinet mingguan. “Saya tidak tahu alasan di balik upaya pembunuhan ini. Saya tidak memiliki masalah pribadi dengan orang lain dan saya tidak berpikir posisi saya akan mengarah pada tindakan itu,” kata Ahmed al-Amrani, seperti diberitakan Al-Jazeera, Rabu (1-2). Ahmed al-Amrani yang berasal dari kubu oposisi itu diangkat menjadi menteri pada Desember 2011. Pengangkatan ini merupakan bagian dari kesepakatan Presiden Ali Abdullah Saleh yang menyerahkan kekuasaan kepada wakilnya. (U-3)

Presiden Filipina Akui Pacaran dengan Gadis Korea

±

MaNiLa—Presiden Filipina Benigno Aquino III mengakui dia tengah berpacaran dengan seorang gadis yang usianya terpaut jauh darinya. Gadis cantik itu bernama Grace Lee, presenter televisi dan radio asal Korea Selatan. Presiden yang masih melajang di usianya yang akan genap 52 tahun ini terlihat malu-malu saat mengungkapkan hubungan asmaranya itu kepada wartawan. “Ya, memang kami sering bertemu,” ujar Benigno Aquino saat menjawab pertanyaan wartawan soal hubungannya dengan Grace Lee, seperti dilansir oleh media Filipina, Manila Bulletin, Rabu (1-2). Wajah Aquino pun semakin memerah ketika wartawan menyorakinya dengan, “ Yihee.” Secara terpisah, Grace Lee juga membenarkan hubungan asmaranya dengan orang nomor satu di Filipina tersebut. Grace mengakui dirinya memang sedang berpacaran dengan Aquino saat ini. (U-3)

n REUtERs/mIKE CaRlson

HaMPiri PeNDuKuNG. Kandidat presiden dari partai Republik yang juga mantan gubernur massachusetts mit Romney menghampiri pendukungnya usai pengumuman kemenangannya dalam pemilihan pendahuluan di Florida, Rabu (31-1).

Romney kian Tak Terbendung FLORiDa (Lampost): mitt Romney meraih kemenangan dalam pemilihan pendahuluan (primary) di Florida, amerika serikat. Romney berhasil mengalahkan rival utamanya, Newt Gingrich, dan menguatkan posisinya untuk memenangi nominasi calon presiden dari Partai Republik. Kemenangan tersebut membuat Romney kian tak terbendung un­ tuk menjadi penantang Presiden AS Barack Obama dalam pemi­ lihan presiden November men­ datang. Saingan terdekat Romney adalah Gingrich, kemudian Rick Santorum, serta Ron Paul. Sejauh ini baru 82% suara yang dihitung, tapi Romney sudah di­ duga sedikitnya akan menangguk 47% suara, sementara rival ter­ dekatnya, Newt Gingrich, menda­ pat 32%. Primary di Florida tahun ini merupakan musim pemilihan terbesar yang pernah ada, para kandidat saling berperang iklan demi dukungan untuk kelak menghadapi calon presiden dari

kubu Demokrat, Barack Obama. “Pak Presiden (Obama, red), Anda terpilih untuk memimpin. Anda memilih untuk mengikuti dan sekarang waktunya bagi Anda untuk menyingkir,” ujar Romney yang disambut teriakan “Mitt! Mitt! Mitt!” dari ratusan pendukungnya. “Presiden Obama ingin me­ ngubah Amerika secara men­ dasar dan membuatnya menjadi sesuatu yang mungkin tidak kita kenali. Saya ingin mengembalikan nilai­nilai dan prinsip Amerika yang telah membuat kita menjadi harapan di Bumi,” kata dia lagi. Isu ekonomi tampaknya men­ jadi fokus para pemilih di Florida

yang memilih Romney. “Saya memilih dia karena saya pikir dia punya kesempatan terbaik untuk mengalahkan presiden sekarang. Saya tidak setuju dengan semua pandangannya. Namun, saya butuh melihat perubahan yang memuaskan kebutuhan egois saya sebagai pemilik bisnis kecil,” kata Paul Jackson, seorang pengusaha. Kampanye di Florida sarat de­ ngan aroma saling cela antarkan­ didat, terutama antara Romney dan Gingrich. Hal ini menim­ bulkan kekhawatiran para pen­ dukung Republik, kandidat yang terpilih nanti telah rusak citranya sebelum menghadapi Obama. Harapan Gingrich

Di sisi lain, kekalahan di Florida be­ lum memupus harapan Gingrich un­ tuk memenangi pemilihan kandidat calon presiden Partai Republik ini. Kepada para pendukungnya, Gin­ grich menegaskan perjalanan masih panjang dan masih banyak negara bagian yang harus diperebutkan.

Untuk mempertegas keyakinannya, tim kampanye Gingrich memajang tulisan “46 States to Go” yang berarti masih 46 negara bagian lagi yang harus dimenangi. “Kami akan bertarung di setiap tempat,” ujar Gingrich di Or­ lando. “Sudah jelas sekarang ini menjadi pertarungan dua orang antara pemimpin konservatif, Newt Gingrich, dan moderat Massachusetts (Romney).” Seperti halnya yang diungkap­ kan dalam debat calon kandidat, mantan ketua DPR AS ini kembali menuding Romney menyembu­ nyikan identitas liberalnya dan berpura­pura konservatif untuk menguasai kursi di Gedung Putih. Pemilihan berikutnya akan merebut suara dari negara bagian Nevada, Sabtu (4­1). Romney pun diperkirakan akan menang dengan mudah di negara bagian tempatnya berasal. Saat pemilihan serupa pada 2008, Romney menang besar dari tujuh kandidat dengan menganto­ ngi perolehan suara 51%. (BBC/U-3)

Unjuk Rasa Di Suriah

MaLaYSia

Perahu Pengungsi Karam, 8 Warga Afghanistan Tewas JOHOR (La mpost): Delapa n orang tewas tenggelam setelah perahu sarat penumpang yang mengangkut warga Afghanistan dan Irak tenggelam di perairan Malaysia. Lima orang lainnya hingga kini masih dinyatakan hilang. Polisi menemukan delapan mayat di sebuah pantai di wilayah Johor. Menurut Kepala Kepolisian Johor, Che Che Mahazan Aik, 12 penumpang lainnya berhasil berenang ke pantai setelah perahu mereka terbalik. S ep er t i d i b er it a k a n A F P, R a b u (1­2), u p ay a p e n c a r i­ a n d a n p e nye l a m at a n l i m a orang penum pang yang belum

d it emu k a n it u m a si h t e r u s berlangsung. Ma hazan A ik mengata kan pihaknya masih mencari nakhoda perahu tersebut. Keseluruhan 12 penumpang yang selamat diper­ kirakan berumur 20 hingga 35 tahun. Mereka mengaku sebagai pencari suaka dari Afghanistan dan Irak. Malaysia dikenal sebagai titik transit bagi orang­orang dari negara­negara miskin yang di­ landa perang untuk melakukan perjalanan laut yang berbahaya menuju Australia via Indonesia. Perahu­perahu itu kerap kelebih­ an muatan dan dalam kondisi bu r u k seh i ngga ada ka la nya

terbalik. Pada Juni 2011 lalu, 7 warga Indonesia hilang dan 17 lainnya selamat setelah perahu mereka tenggelam di perairan Johor. Perahu itu sering terisi penuh dan dalam kondisi buruk, ka­ dang kala terbalik. Pada Juni ta hun la lu, 7 wa rga Indone­ sia hilang dan 17 lainnya di­ selamatkan setelah kapal me­ reka tenggelam di lepas Pantai Johor. Sebulan kemudian, otoritas Ma laysia menyelamatkan 46 warga Indonesia yang mencoba masuk kemba li ke Indonesia ketika perahu mereka tengge­ lam. (U-3)

n REUtERs/HanDoUt

Ribuan orang menggelar demonstrasi menuntut pengunduran diri presiden suriah Bashar al-assad. Dalam foto tak bertanggal yang diterima Januari, demonstran berkerumun di Hula, dekat Kota Homs.

±

CMYK

AS-Australia Pantau Sidang Aktivis Papua WASHINGTON (Lampost): Peme­ rintah Amerika Serikat (AS) men­ desak Indonesia untuk memproses secara adil para aktivis Papua yang tengah menjalani sidang di pengadil­ an atas dakwaan makar. Di sisi la in, kelompok ha k asasi manusia Australia men­ des a k aga r p ema nt au i nter­ nasional diizinkan masuk ke Papua untuk memonitor per­ sida nga n l i m a w a rga Papu a yang dituduh melakukan ma­ kar. Kelimanya terancam hu­ kuman penjara seumur hidup j i k a t e r b u k t i b e r s a l a h at a s dakwaan makar. Kelima pria tersebut ditangkap setelah aksi demo di Jaya pura pada Oktober 2011 lalu. Dalam aksi tersebut, mereka mengibar­ kan bendera Papua dan menyata­ kan kemerdekaan Papua. “Kami mendesak otoritas Indo­ nesia untuk memastikan proses yang adil dan menjaga prosedur sesuai hukum Indonesia dan kewajiban hukum internasional Indonesia bagi semua orang yang didakwa,” demikian disampaikan juru bicara Departemen Luar Negeri AS, seperti dilansir kan­ tor berita AFP, Rabu (1­2). Sedangkan kelompok HAM Hu m a n R i g ht s L aw C e nt re (HRLC) menyerukan pemerin­ tah Australia membahas masalah tersebut dengan otoritas Indo­ nesia. Kelompok yang berbasis di Melbourne itu juga mendesak pemerintah Australia mengirim­ kan staf kedubes guna memoni­ tor persidangan kelima warga Papua yang dijadwalkan pada Rabu pekan depan. (U-3)

±

KeLuarGa

Terpisah 29 Tahun, Kembar Asal Semarang Bertemu di Swedia EMILIE Falk dan Lin Backman adalah kem­ bar yang lahir di Semarang, Jawa Tengah. Sejak bayi, keduanya dirawat di sebuah panti asuhan. Kemudian mereka berpisah ketika dua keluarga berbeda yang berasal dari Swedia mengadopsi Emilie dan Lin. Namun, sejak lahir tidak ada satu pun dokumen yang menyatakan Emilie dan Lin adalah saudari kembar. Emilie dan Lin kemudian dibawa pulang oleh keluarga yang mengadopsinya ke Swedia. Keluarga Backman yang mengadopsi Lin sebenarnya mulai curiga karena tak lama setelah meninggalkan panti asuhan mereka bertemu seorang pengemudi taksi yang mengatakan Lin punya saudari kembar. Keluarga ini kemudian mencari nama Indonesia putri mereka. Dari nama inilah mereka bisa melacak keluarga Falks di Swedia. Kedua keluarga ini kemudian kerap bertemu saat kedua putri angkat mereka itu masih bayi untuk sekadar mencocokkan wajah mereka. “Orang tua kami memeriksa dokumen adopsi. Namun, mereka tidak menganggap kami mirip satu sama lain. Dan banyak yang tidak dicantumkan dalam dokumen itu. Dan saat itu tidak ada pemeriksaan DNA,” kata Emilie Falk. Di antara ketidakcocokan itu adalah berbedanya nama ayah kedua gadis itu meskipun catatan menunjukkan keduanya memiliki ibu yang sama.

±

TuDuHaN MaKar

±

n AFP

berTeMu. Dua saudara kembar, lin Backman (kiri) dan Emilie Falk, bertemu di rumah keluarga Falk di Helsingborg, swedia, minggu (29-1).

Orang tua angkat Emilie dan orang tua angkat Lin akhirnya memutuskan dugaan bahwa kedua gadis ini kembar adalah sebuah kesalahan. Kedua keluarga itu kemudian tidak pernah berhubungan lagi selama 29 tahun. Lewat ‘facebook’

Kepada Emilie maupun Lin, orang tua angkat masing­masing menceritakan ten­ tang asal­usul mereka saat diadopsi. Namun, sebagai kanak­kanak, mereka dengan cepat melupakan kisah itu. “Namun, saat saya menikah dua tahun lalu, saya mulai berpikir tentang keluarga dan proses adopsi saya. Lalu saya tanyakan kepada ibu dan dia menceritakan kisah itu lagi. Akhirnya saya memutuskan untuk mencari Lin,” kata Emilie. Melalui jaringan anak­anak Indonesia

yang diadopsi keluarga Swedia, akhirnya Emilie menemukan Lin di jaringan sosial Facebook. “Saya lahir 18 Maret 1983 di Se­ marang dan nama ibu kandung saya adalah Maryati Rajiman,” kata Emilie, menulis di dinding milik Lin. Tak lama kemudian dia mendapat balasan dari Lin. “Wah itu juga nama ibu saya, dan itu juga hari ulang tahun saya.” Selanjutnya, kedua gadis ini mendapati bahwa mereka memiliki banyak kesamaan yang kemu­ dian membawa mereka dalam satu pertemuan. Meskipun terpisah hampir 30 tahun, ternyata tempat tinggal keduanya hanya berjarak 40 kilometer. Keduanya juga berprofesi sebagai guru, mereka menikah di tanggal yang sama hanya berbeda satu tahun, bahkan mereka melakukan dansa di hari pernikahan dengan diiringi lagu yang sama, You and Me karya Lifehouse. “Ini semua sukar dipercaya. Saat Lin me­ nelepon saya dengan hasil tes DNA, saat itu saya tengah berada di dalam mobil dan saat dia mengatakan hasilnya, saya tertawa karena semua terasa sangat aneh,” kata Emilie. “Seketika saya berpikir kami lahir dari ra­ him yang sama. Sangat aneh, tapi di saat yang sama juga menyenangkan,” ujar Emilie. K i n i mereka ber pi k i r u nt u k men­ c a r i or a n g t u a k a ndu n g me rek a d i Indonesia. (KRIstIanto/BBC /U-4)

CMYK

±

±

±

CMYK

kAmIS, 2 feBruArI 2012 lAmpUng posT

LINTAS

Politika

I7

KOTAAGUNG—DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Tanggamus hari ini (2-2) membuka penjaringan calon bupati dan calon wakil bupati yang akan diusung dalam pilkada September mendatang. Selain itu, PAN Tanggamus juga membuka peluang koalisi dengan partai politik lain dalam menghadapi pesta demokrasi lokal untuk lima tahunan itu. Ketua DPD PAN Tanggamus Rusli Shoheh, usai menghadiri rapat paripurna istimewa PAW Ismail Kardi menggantikan almarhum Imran Rasyid, di ruang kerjanya, Rabu (1-2), mengatakan pihaknya mulai melakukan penjajakan dengan sejumlah parpol lain, dan belum melakukan pembicaraan resmi dengan pengambil kebijakan di partai politik lain tersebut. Namun, peluang melakukan koalisi dengan parpol lain cukup terbuka, sebab menghadapi pilkada mendatang cukup berat. “Tahapan penjajakan secara resmi koalisi dengan partai lain itu sekitar awal Maret mendatang. Saat ini kami baru tahap penjaringan calon,” kata Rusli. (UTI/U-3)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menolak gugatan dari calon

Ormas Nasdem Utamakan Gerakan Moral yang Baik

±

untuk mewujudkan adanya perubahan di negeri ini, selain sebagai rumah bagi seluruh rakyat Indonesia yang samasama ingin memajukan bangsa ini ke depan,” ujar Surya. Dalam acara itu juga dilakukan penyerahan PIN emas kepada Sekjen Ormas Nasdem Syamsul Maarif dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hadir dalam acara tersebut Ketua Dewan Pakar Partai Nasional Demokrat Hary Tanoesoedibjo dan mantan Menhut M.S. Kaban. Menurut Surya, perlu sinergi yang kuat dan permanen para kader Ormas Nasdem yang merupakan kumpulan dari berbagai komponen bangsa, tanpa adanya berbedaan agama, kelompok, dan partai. Terkait dengan didirikannya Partai Nasdem, Surya menjelaskan tidak ada yang perlu dipersoalkan karena dengan lahirnya partai tidak akan ada yang dirugikan. Bahkan, memberikan kontribusi positif. (mI/U-3)

n HUmAs nAsDEm lAmpUng

HUT KE-2 NASDEM. Ketua Umum DpW nasional Demokrat (nasdem) lampung lukman Hakim (duduk) mencoba fasilitas mobil ambulans sumbangan nippon Foundation untuk Badan Rescue nasdem, disaksikan Ketua Umum Dpp nasdem surya paloh (kiri). penyerahan sumbangan itu dilakukan di sela-sela acara Rakorsus dan HUT ke-2 nasdem di Bandung, Rabu (1-1).

PENjARINGAN cALoN

PDK Cari Cabup Tuba yang Penuhi 3 Kriteria BANDAR LAMPUNG (Lampost): Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) Lampung mensyaratkan calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung dalam Pilkada Tulangbawang harus memenuhi tiga kriteria. Kriteria tersebut adalah paham persoalan di Tulangbawang, sopan, dan tidak arogan. Hal itu disampaikan Ketua PDK Lampung Khamamik, Rabu (1-2). Khamamik mengatakan dalam Pilkada Tulangbawang, PDK akan mengusung calon yang mengerti persoalan-persoal an yang dihadapi masyarakat setempat. Sebab, hanya calon yang memahami Tulangbawang yang bisa membawa daerah itu ke arah yang lebih baik. Sela in it u, k riteria ca lon yang akan diusung, menurut Khamamik, adalah mereka yang sopan dan tidak arogan. “Selain mengerti persoalan daerah, calon itu juga harus sopan. Bukan orang yang arogan,” kata dia. Saat ini, lanjut Khamamik, PDK

±

±

CMYK

±

bupati Mesuji yang kalah, Iskandar Maliki.

PERINGATAN HUT

BANDUNG (Lampost): Organisasi kemasyarakatan Nasional Demokrat (Nasdem) tetap akan melakukan gerakan-gerakan perubahan untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Tidak hanya itu, Ormas Nasdem juga tetap menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas dalam upayanya mendukung gerakan restorasi nasional. Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Ormas Nasdem Surya Paloh, pada acara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-2 Ormas Nasdem yang digelar di Bandung, Jawa Barat, Rabu (1-2). “Nilai-nilai moralitas itu, tentunya harus disertai dengan profesionalitas. Dan, tidak mungkin berhasil merestorasi bangsa ini jika nilai-nilai (moralitas) itu ditinggalkan dengan begitu saja. Jadi tetap harus berbarengan,” kata Surya Paloh. Untuk mendukung gerakan moral itu, Ormas Nasdem melakukan berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan. “Keberadaan Ormas (Nasdem),

±

CMYK

PTUN Tolak Gugatan Iskandar Maliki

PAN Tanggamus Buka Penjaringan Cabup

±

±

±

masih menunggu untuk melihat calon yang mendapat dukungan dari masyarakat Tulangbawang. Sebab, dukungan masyarakat itulah yang membuat calon memiliki peluang untuk menang. Calon yang akan diusung juga harus memiliki program yang jelas untuk membangun dan menye-

‘‘

Kami akan melihat dulu bagaimana aspirasi masyarakat, jahterakan masyarakat. “Kami akan melihat dulu bagaimana aspirasi masyarakat,” kata dia. Terkait perolehan kursi, PDK memiliki tiga kursi di DPRD Tulangbawang. Artinya, PDK memiliki setengah dari enam kursi yang dibutuhkan untuk mengusung calon sendiri. (WAH/U-3)

Iskandar Maliki menggugat surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri tentang pengesahan dan pengangkatan pasangan Khamamik-Ismail Ishak sebagai bupati dan wakil bupati Mesuji. Menurut Iskandar Maliki, SK Mendagri tersebut tidak prosedural. Namun, dalam sidang pendahuluan yang dipimpin Ketua PTUN Jakarta Yodi Martono Wahyunadi, Rabu (1-2), gugatan tersebut ditolak. Dalam pertimbangannya, hakim Yodi Martono yang didampingi panitera Wahidin menyatakan SK Mendagri itu sudah sesuai prosedur, sesuai dengan bukti-bukti yang disampaikan KPU Mesuji. Yodi juga menyatakan gugatan Iskandar Maliki bias dan tidak jelas. Putusan itu dituangkan dalam keputusan PTUN nomor 09/G/2012/PTUN-JKT. Atas putusan tersebut, Iskandar Maliki selaku tergugat dikenai denda Rp214 ribu. Anggota KPU Mesuji Junaidi yang dihubungi melalui sambungan telepon, kemarin mengatakan gugatan Iskandar Maliki atas SK Kemendagri tidak sampai pada proses persidangan. Berdasarkan hasil pemeriksaan awal terhadap para pihak, baik penggugat maupun tergugat, Junaidi mengatakan gugatan itu tidak jelas. Sebab, orang-orang yang sebenarnya tidak terkait dalam kebijakan penerbitan SK, dimasukkan sebagai pihak tergugat. “Intinya gugatan ditolak. Tidak sampai masuk persidangan karena gugatannya bias,” kata Junaidi. Para pihak yang hadir di PTUN Jakarta Timur, menurut Junaidi, adalah penggugat yang diwakili

kuasa hukumnya Bobby R. (pengacara di daerah setempat), para tergugat, Mendagri yang diwakili Aldo Manurung, calon bupati terpi lih K hamamik, anggota KPU Mesuji Junaidi dan Saipul Anwar, dan Penjabat Bupati Mesuji diwa k i li Bagia n Hu kum Pemkab Mesuji Mustamir Sanusi dan Putrawan. “Pak Khamamik maupun perwakilan dari Pj. Bupati Mesuji menyampaikan kepada PTUN bahwa seharusnya mereka tidak ada kaitannya dengan gugatan itu. Sementara kami dari KPU menyampaikan sudah menjalankan semua sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku,” kata Junaidi. Tanggapan Khamamik

Menanggapi putusan PTUN, bupati Mesuji terpilih Khamamik mengatakan pihaknya mengapresiasi PTUN Jakarta yang telah melihat, mempelajari, dan memutuskan gugatan itu dengan benar. Kepada semua pihak diharapkan melihat persoalan dengan cara yang lebih arif. “Jangan mengedepankan nafsu dan emosi, tetapi kepentingan yang lebih besar yang harus dikedepankan,” kata Khamamik. Di saat dihambatnya pelantikan pasangan Khamamik-Ismail Ishak, salah satu calon yang telah dinyatakan kalah dalam Pilkada Mesuji 2011, Iskandar Maliki, mengajukan gugatan ke PTUN Jakarta Timur nomor perkara 09/2012/PTUN-JKT. Gugatan diajukan atas SK No.131.18-975 tentang pemberhentian Pj. Bupati Mesuji Albar Hasan Tanjung dan pengesahan dan pengangkatan Khamamik sebagai bupati Mesuji terpilih. (WAH/U-3)

±

PILKADA

Mukhlis Basri Cabup Tunggal PDIP Lambar LIWA (Lampost): DPC PDIP Lam pung Barat hari ini (2-1) menutup pendaftaran calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung dalam pilkada September mendatang. Jika tidak ada calon bupati yang mendaftar, dipastikan Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri yang mencalonkan diri kembali menjadi calon bupati tunggal di PDIP. Berdasarkan daftar pengambil formulir pencalonan, untuk posisi calon bupati hanya ada Mukhlis Basri, sedangkan untuk calon wakil bupati ada enam orang. Ket ua Bada n Pemena nga n Pemilu (Bapilu) DPC PDI Perjuangan Lambar Sobriansyah, Rabu (1-2), membenarkan bahwa hingga H-I pengambilan formulir tahap kedua, hanya ada satu bakal calon bupati yang telah mengambil dan mengembalikan berkas formulir. “Sejak tahap pertama hingga H-1 tahap kedua, baru Ketua DPC Pak Mukhlis yang mencalon seba-

gai bupati. Sampai saat ini juga belum ada konfirmasi jika ada calon lain yang berniat mendaftar,” kata Sobriansyah. Dengan demikian, ujar Sobri, hampir bisa dipastikan panitia dan pengurus DPC PDI Perjuangan Lambar akan mengajukan Mukhlis Basri yang tercatat sebagai bupati dan ketua DPC PDI Lambar untuk diusung dalam Pilkada Lambar September mendatang. “M e l i h at t i d a k a d a y a n g mengambil formulir calon bupati, selain Pak Mukhlis, maka otomatis kami akan mengajukan beliau, apalagi persyaratan saat pengembalian formulir sudah lengkap,” ujar Sobri. Sedangkan untuk enam calon wakil bupati yang telah mengambil formulir, kata Sobri, panitia memberikan kesempatan hingga 9 Februari untuk mengembalikan berkas pencalonan. “Kami hanya akan merekomendasikan empat bakal calon ke DPD,” kata dia. (*/U-3)

CMYK

±

±

±

±

CMYK

kAMiS, 2 februAri 2012

±

CMYK

I8

www.lampungpostncom

Terbit Sejak 1974 n Sirkulasi: (0721) 788999 n Layanan Umum: (0721) 783693 n Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 n Redaksi (0721) 773888 n SMS: 0812 7200 999

±

±

Lanud Way Tuba Layak Dikomersialkan

SiAPA MeNGAPA Tinggalkan kesan baik GAJAH mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang. Peribahasa itu yang menjadi dasar kerja maksimal bagi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bandar Lampung M. Harun. Ditemui di ruang kerjanya, Senin (30-1), dia mengatakan selalu ingin meninggalkan torehan kerja terbaik di setiap dinas instansi tempat dia bekerja. Tidak diragukan lagi, semangat kerja pria yang telah mengabdi sekitar 20 tahun di Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) Lampung ini sangat tinggi. Bahkan, Harun yang tengah n DOK. LAMPUNG POST dalam masa penyembuhan pascaoperasi jantung terus bekerja untuk peningkatan dan pengembangan seni di Kota Tapis Berseri. “Saya malu kalau tidak bekerja, bahkan badan terasa pegal kalau tidak bekerja,” kata dia yang telah menjalankan operasi jantung akibat penyumbatan di atas 70%, 28 November 2011 lalu. Saat ini dia ingin mewujudkan Pasar Seni sebagai starting point city tour. Karena itu, beragam pembenahan akan dilakukan untuk kemajuan pariwisata. Langkah awal dengan mengubah perwajahan dan kualitas pasar seni. (VER/U-2)

WAT-WAT GAWOH Salah Masuk Apartemen

±

DANG nihan mabuk (Janganlah mabuk). Pengaruh alkohol bisa membuat orang konyol dan aneh. Seorang pria asal Bremerton, Amerika Serikat (AS), Dalton Pierson, meninggalkan apartemen temannya dalam keadaan sadar. Namun, ketika anggota Angkatan Laut ini kembali, ia mabuk sehingga masuk apartemen yang salah. Pierson yang mabuk berat itu langsung menuju kamar dan menaiki ranjang tempat tidur perempuan berusia sekitar 80 tahun, Evelyn Whitney, yang tengah terlelap. Hara balak kanjatni (Alangkah terkejutnya) Whitney. Dia langsung terbangun mendapati ranjangnya dinaiki pria asing. Tanpa ragu, dia langsung menelepon panggilan darurat 911 untuk melaporkan peristiwa itu kepada pihak berwenang. Anak laki-laki Whitney, Jaeger, sebelumnya juga sempat menyaksikan Pierson buang air kecil di lantai apartemennya. Tak lama setelah itu petugas berwajib yang datang membawa Pierson keluar dari kamar. Whitney yang sangat marah dengan peristiwa itu tanpa banyak waktu langsung memarahi Pierson. “Ampai mepampan rasani (Setelah itu, saya merasa lebih baik),” ujar Whitney seperti dikutip upi.com, Rabu (1-2). Pihak berwenang mengatakan desain apartemen yang mirip serta pintu yang tidak terkunci diduga menjadi penyebab awal peristiwa ini. Tetap riya ulehni mabuk (Tetap saja karena mabuk)! (U-2)

PUNGUTAN

Masih Banyak Sekolah Jual LKS

±

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Dengan berbagai cara, praktek penjualan lembar kerja siswa (LKS) masih dilakukan di sejumlah sekolah. Padahal, Wali Kota Bandar Lampung Her­ man H.N. telah mengeluarkan surat edaran dan dengan tegas melarang sekolah menjualnya. Penelusuran Lampung Post, LKS tidak dijual terbuka. Un­ tuk meng hindar dari tudingan penjualan LKS, sekolah atau guru menitipkan LKS di koperasi atau tempat fotokopi. Siswa yang tidak memiliki LKS akan kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah ka­ rena guru menggunakan LKS yang dikeluarkan penerbit. Pekerjaan rumah pun menggunakan LKS. Tiga siswa kelas IX SMPN 14 Bandar Lampung mengaku mem­ beli LKS pada pegawai sekolah se­ banyak 12 buku. “Harganya sekitar seratusan ribu lah,” kata para pelajar saat pulang sekolah kemarin. Namun, Kepala SMPN 14 Elinda menolak dikatakan menjual LKS. “Di sekolah saya tidak ada guru yang jual LKS, tapi nanti saya telu­ suri,” kata Elinda kemarin siang. Salah seorang staf di sekolah itu mengatakan LKS yang ber­ edar di sekolahnya bukan milik

±

n DOK. HUMAS PEMKAB WAY KANAN

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan M. Iksan Tatang (kanan) didampingi Sekprov Lampung Berlian Tihang (tengah), Dirjen Perhubungan Udara Hari Bakti, Dirjen Perkeretaapian Tunjung, dan Bupati Way Kanan Bustami Zainudin saat mengunjungi Lapangan Udara (Lanud) Gatot Subroto Way Tuba, Way Kanan, Rabu (1-2). Iksan menilai lanud yang ditempuh 15 menit dari Bandara Radin Inten II layak dijadikan bandara komersial. n LANUD WAY TUBA... Hlm. 24

sekolah ataupun guru, melainkan titipan penerbit. Siswa pun tidak dipaksakan harus membeli. Hal yang sama terjadi di SMPN 29 Bandar Lampung. Siswa diminta gurunya membeli LKS dengan harga Rp80 ribuan untuk 12 buku. Siswa kelas IX SMPN 28 me­ ngaku diminta sudah memiliki LKS sebelum latihan ujian nasional dimulai pada 6 Februari menda­ tang. Buku itu disediakan di tem­ pat fotokopi sehingga siswa tidak harus mencari ke tempat lain. Kepala SMPN 28 Bandar Lam­ pung Hutasoit mengatakan se­ jak ada edaran Wali Kota yang melarang sekolah menjual LKS, sekolahnya tidak lagi menjual LKS. “Saya melarang guru menjual LKS,” kata Hutasoit, saat kunjungan Kasi Pendidikan Dasar Dinas Pendidik­ an Bandar Lampung Syasidar. Wakil Kepala SMPN 28 Wiwik Hartati mengatakan LKS sangat dibutuhkan siswa, bahkan ba­ nyak siswa yang menanyakan. Kabid Dikdas Disdik Kota Ban­ dar Lampung Bustami mene­ gaskan edaran dari Wali Kota ha­ rus dipatuhi. “Jika ada sekolah yang masih menjual LKS akan kami panggil,” ujar Bustami. (RIS/U-2)

CMYK

Indonesia Kecanduan Impor JAKARTA (Lampost): Selama 2011 Indonesia kian dibanjiri barang-barang impor. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor tahun lalu mencapai 177,3 miliar dolar AS atau meningkat 30,69% (41,64 miliar dolar AS) dibandingkan dengan 2010 sebesar 135,66 miliar dolar AS. Pjs. Kepala Badan Pusat Statis­ tik (BPS) Suryamin menyatakan peningkatan terbesar pada impor minyak dan gas sebesar 48,42%. Se­ dangkan impor nonmigas mening­ kat 26,2%, dari 108,25 miliar dolar menjadi 136,61 miliar dolar. “Dilihat dari peranan terhadap total impor nonmigas, impor mesin, dan peralatan mekanik memberikan peranan terbesar, yaitu 18,06%,” ujarnya dalam kon­ ferensi pers di Jakarta, kemarin. Lebih jauh Suryamin menjelas­ kan dari total impor itu, impor bahan baku/penolong mendomi­ nasi dengan nilai 130,84 miliar dolar (73,8%). “Ini berarti indus­ tri dalam negeri masih bagus,” ujarnya. Sedangkan impor barang konsumsi hanya 13,39 miliar dolar atau 7,55%. Pada kesempatan itu, Suryamin juga menyatakan nilai ekspor naik 29,05% dari tahun sebelumnya dan sekaligus menembus 203,62 miliar dolar. Ekspor tertinggi pada komoditas bahan bakar mineral sebesar 27,44 miliar dolar dan le­ mak minyak hewani nabati 21,66 miliar dolar.

BPS juga mencatat neraca perda­ gangan selama Januari—Desember 2011 mengalami surplus US$26,32 miliar. Indonesia surplus perda­

‘‘

Kalau impor dianalisis, kebanyakan barang konsumsi dan barang setengah jadi, artinya hilirisasi industri ada step yang lewat.

gangan nonmigas dengan ASEAN dan Uni Eropa. Namun, mengalami defisit perdagangan dengan China senilai 239,4 juta dolar, dengan Jepang 247,7 juta dolar, Australia 124,1 juta dolar, dan Korea Selatan 38,8 juta dolar. Tidak Berkualitas

Menurut Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dominasi impor bahan baku/penolong menunjuk­

kan negara sedang membangun perekonomiannya. “Peningkatan ini berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan bahan­bahan yang belum bisa kita produksi,” ujarnya. Tetapi pengamat ekonomi, Hen­ dri Saparini, menilai tingginya impor barang konsumsi dan bahan baku penolong itu bukti pemerin­ tah salah strategi dalam mengem­ bangkan industri hilir. Hal itu akan membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak berkualitas. “Kalau impor dianalisis, ke­ banyakan barang konsumsi dan barang setengah jadi, artinya hil­ irisasi industri ada step (langkah) yang lewat,” kata Hendri. Dengan kata lain, lanjutnya, pemerintah hanya mendorong sektor hulu dan ingin melakukan hilirisasi industri, tetapi melupakan sektor yang ada di antaranya. “Kami punya CPO (crude palm oil—minyak kelapa sawit) yang kami ekspor. Terus kami malah impor bahan setengah jadi sampo, baru kami produksi sampo curah. Itu kan ada yang jumping hilirisasi industrinya,” katanya. Hal senada disampaikan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Natsyir Mansyur. “Sekarang yang harus di­ galakkan program hilirisasi industri untuk mendukung industri manu­ faktur supaya dapat menghasilkan bahan baku,” kata dia. (MI/U-2)

PERDAGANGAN

Ekspor Lampung Turun 33,40% BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ekspor Lampung periode Desem­ ber 2011 turun signifikan 33,40% atau senilai 111,1 juta dolar AS dibandingkan November, yaitu dari 332,7 juta dolar menjadi 221,6 juta dolar. Penurunan ini terutama dipicu anjloknya ekspor golongan lemak dan minyak hewan/nabati dan kakao/cokelat. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung Moha­ mad Razif, Rabu (1­2), mengatakan penurunan pada golongan lemak dan minyak hewan/nabati dengan komoditasnya berupa CPO hingga 110,8 juta dolar atau mencapai 71,69% dibandingkan November.

Sementara golongan kakao/cokelat turun hingga 66,47%, karet dan ba­ rang dari karet turun 51,13%. Penurunan ekspor juga terjadi pada golongan kayu, barang dari kayu sebesar 12,72%, bahan kimia organik turun 11,31%, olahan dari buah­buahan/sayuran turun 9,20%, dan ikan udang turun 1,11%. “Sementara golongan bubur kertas/pulp justru naik signifikan hingga 85,31%. Diikuti golongan kopi, teh, dan rempah­rempah sebesar 32,71%. Kenaikan ekspor juga dialami golongan daging dan ikan olahan sebesar 17,54%,” ujar Razif. Meskipun ekspor golongan le­

±

mak dan minyak hewan/nabati anjlok pada Desember lalu, secara keseluruhan Januari—Desember 2011, menurut Razif, golongan ini tetap memberikan kontribusi terbesar. Yaitu sebesar 31,45% dari total ekspor Lampung senilai 2,522 miliar dolar. Kontribusi cukup be­ sar juga disumbangkan golongan kopi, teh, dan rempah­rempah (14,06%), bubur kertas/pulp (6,25%), dan olahan dari buah­buahan/ sayuran sebesar 6,15%. Sementara itu, ekspor Lampung terbesar sepanjang 2011 ditujukan ke Amerika Serikat sebesar 342 juta dolar. Diikuti China 322,6 juta dolar, Jepang 310,1 juta dolar, Tai­

±

PARTAI POLITIK

Anas Ingatkan Elite PD Jaga Komitmen 2012 JAKARTA (Lampost): Gesek­ an politik di internal Partai Demokrat (PD), partai pemenang Pemilu 2009, yang kelahirannya dibidani Presiden Susilo Bam­ bang Yudhoyono masih terasa panas. Pernyataan bernada saling serang antarkubu di partai itu masih kental mewarnai pemberi­ taan media massa. Ada dua kubu yang bersitegang, yakni kubu Dewan Pimpinan Pusat (DPP) di bawah kendali Ketua Umum PD Anas Urbaningrum dan kubu Dewan Pembina (DP) yang dimotori Andi Mallarangeng dan Marzuki Alie. Pada Selasa (31­1), Anas meng­ umpulkan pengurus harian DPP di markas PD di Kawasan Kera­ mat, Jakarta Pusat. Pertemuan itu disebut­sebut sebagai ajang konsolidasi bagi kubu Anas guna mengonter serangan politik di internal partai yang lahir 9 Sep­ tember 2002 itu. Namun, tudingan itu dibantah Anas. Menurut dia, pihaknya tidak terganggu rumor politik yang menginginkan dirinya turun dari jabatan ketua umum

seperti yang ramai dilansir me­ dia massa belakangan ini. Selanjutnya, Anas mengim­ bau agar tidak hanya DPP yang menjalankan komitmen partai, tetapi juga seluruh divisi dan de­ partemen, termasuk Fraksi PD di DPR perlu memacu peningkatan kinerja masing­masing. “Selain itu, konsolidasi partai sampai tingkat bawah menjadi target lain di 2012 ini,” kata Anas. Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PD Ruhut Sitompul men­ gakui ada perbedaan pendapat dalam tubuh partai itu terkait dengan posisi Anas. Menurut dia, ada kelompok yang ingin Anas segera dinonaktifkan dan ada juga kelompok yang in­ gin Anas tetap menjabat ketua umum sampai status hukumnya jelas. Sementara itu, Sekretaris Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan (PPSK) DPP PD Khatibul Umam Wiranu mem­ inta semua pihak menghormati asas praduga tak bersalah dengan tidak memosisikan Anas sebagai pihak yang bersalah sebelum ada putusan pengadilan. (MI/U-2)

Ekspor Lampung Periode November—Desember 2011 (Dalam juta dolar) Golongan Barang

November

Desember

Persentase

Lemak minyak hewani/nabati Bubur kertas/pulp Ikan dan udang Kopi, teh, rempah-rempah Daging dan ikan olahan Karet dan barang dari karet Olahan buah/sayuran Kakao/cokelat Kayu, barang dari kayu Bahan Kimia Organik

154,6 13,0 19,3 18,6 8,3 11,1 16,4 12,9 2,0 4,6

43,8 24,1 19,1 24,6 9,8 5,4 14,9 4,3 1,8 4,1

-71,69 85,31 -1,11 32,71 17,54 -51,13 -9,20 -66,47 -12,72 -11,31

Total

260,9

152,0

-41,75

Sumber: BPS Provinsi Lampung, Grafis: Jads

wan 257,2 juta dolar, dan Malaysia 209,9 juta dolar. Ekspor Lampung sepanjang ta­ hun 2011 ini mengalami kenaikan 34,32%, yakni dari 2,492 miliar

dolar menjadi 3,348 miliar dolar. Secara nasional, ekspor Indonesia 2011 menembus angka 203,62 miliar dolar. Angka ini naik 29,05% dibandingkan 2010. (NOV/U-2)

CMYK

±

±

± Delapan ahli waris nasabah Bank Lam­ pung di Metro mem­ peroleh santunan kerja sama Bank Lam­ pung dengan asuran­ si Askrida. Hlm. 10

Unila menjadi perguruan tinggi di Indonesia yang menginisiasi terben­ tuknya kurikulum pen­ didikan dan perubahan iklim sistem pendidikan nasional.Hlm. 15

Indeks VALUTA ASING

KURS JUAL 10.118,08

YEN JEPANG (JPY) 100

KURS BELI 9.052,92

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL 9.502,99

KURS BELI 11.182,26

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

KURS BELI 8.500,75

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL 7.854,70

KURS JUAL 12.497,70

DOLLAR AMERIKA (USD)

KURS BELI 7.025,54

KURS JUAL 7.589,07

KURS BELI 6.787,19

EURO (EUR) KURS JUAL

KURS JUAL 9.522,00

KURS BELI 8.522,00

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL 1.227,66

KURS BELI 1.098,59

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP) KURS BELI

12.448,11

11.139,11

KURS JUAL 15.009,53

KOMODITAS

KURS BELI 13.428,97

per Rabu, 1 Februari 2012 n Sumber Bank Indonesia

LOKASI SENTRA

CPO

Medan

Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

BaNDaR LamPUNG—Harga komoditas unggulan di Kota Bandar Lampung, yakni kopi, kakao, kopra, dan jagung, bertahan rendah pada awal Februari ini disebabkan mutunya yang rendah. Berdasarkan pemantauan di Bandar Lampung, Rabu (1-2), harga biji kopi robusta masih bertahan rendah, yakni Rp16 ribu/kg sama seperti pekan lalu. Harga kopi di Bandar Lampung sempat mencapai Rp20 ribu/kg. Harga kakao pun masih rendah, yakni Rp13 ribu /kg seperti pekan lalu. Harga normalnya Rp17 ribu/kg. Penyebabnya adalah kadar airnya cukup tinggi sehingga harganya turun. Demikian pula harga komoditas kopra pun masih rendah, yakni Rp3.000/kg, seperti pekan lalu. Selain itu, jagung pun harganya masih rendah Rp5.000/kg. Sedangkan harga komoditas unggulan lainnya, seperti lada hitam dan lada putih, turun tipis dibandingkan harganya pekan lalu. Harga lada putih Rp100 ribu/kg turun menjadi Rp95 ribu/kg, dan untuk lada hitam turun dari Rp48 ribu/kg menjadi Rp45 ribu/kg. (E-1)

HARGA (Rp/Kg) 8.857

BaNDaR LamPUNG (Lampost): mengawali tahun 2012, kota Bandar Lampung mengalami inflasi 0,63%. inflasi Januari lalu terutama disebabkan naiknya harga beras, sewa rumah, tarif air minum, ikanikanan, serta buah dan sayur.

Harga Beras Berbagai Jenis Merangkak Naik Rp4.500/kg seperti tahun lalu, kalau sudah memasuki masa panen,” kata warga Desa Lebungnala, Ketapang, yang juga pemilik penggilingan padi yang bermitra dengan gudang Kansilog di Kecamatan Palas itu. Sebagai mitra Bulog, Misnan mengaku sudah hampir lima bulan tidak mengirim beras untuk kebutuhan keluarga riskin (raskin) tersebut. Pasalnya, beras yang dikirim dihargai Rp5.350/kg. “Bisa kirim beras ke Bulog palingpaling saat musim panen raya. Kalau saat-saat seperti ini tidak bisa. Wong harga gabah saja sudah di atas Rp5.350/kg,” ujarnya. Hal senada diungkapkan Kasmiati, pedagang beras di sekitar pasar Inpres Kalianda. Menurutnya, harga beras berbagai jenis terus merangkak naik per tiga hari. Padahal, saat ini harga beras sudah sangat mahal. (KRI/toR/E-1)

n lampung post/HEnDRIVan gumaY

HARGA BERAS mERAnGKAK nAIK. seorang petani padi membajak lahan sawahnya di sukarame, Bandar lampung, beberapa waktu lalu. Kini harga beras merangkak naik dan diperkirakan akan turun pada april mendatang saat panen tiba.

PELABUHAn

Pelindo akan Lakukan Studi Kelayakan BANDAR LAMPUNG (Lampost): PT Pelindo II akan melakukan studi kelayakan terlebih dahulu terkait rencana perluasan Pelabuhan Panjang yang disewa dari Pemprov Lampung seluas 30 hektare (ha). Hal ini dikatakan General Manager PT Pelindo II Panjang Doso Agung, kemarin malam, seiring rencana Pelindo untuk menyewa lahan seluas 30 ha di Desa Sebalang, Lampung Selatan, berikut

Terbit Jumat, 3 Februari 2012

Kalau dulu kamera dianggap sebagai barang mewah karena hanya sedikit masyarakat yang memilikinya. seiring pertumbuhan teknologi, memiliki kamera menjadi hal yang biasa bagi setiap orang. Benda ini pun menjadi salah satu yang harus dibawa saat bepergian. Lampung Post akan mengulas mengenai kamera pada edisi Belanja, Jumat, 3 Februari 2012.

SIMAK JUGA : simak juga menu aneka soto sebagai santapan lezat bercitarasa tinggi.

±

±

12.438 17.512 37.102 12.873 33.607 50.597 78.986 1.762

KOmODITAS

±

I9

Bahan Makanan Dominan Inflasi

Harga komoditas Unggulan Bertahan Rendah

±

kamis, 2 FEBRUARI 2012 lampung post

per Rabu, 1 Februari 2012 n Sumber: Bappebti-Kementerian Perdagangan

kLIk

KALIANDA (Lampost): Harga beras berbagai jenis di Lampung Selatan terus merangkak naik. Diperkirakan harga komoditas utama ini terus naik sebelum panen raya. “Sejak awal tahun dan hampir setiap minggu harga beras naik. Kenaikan ini dikarenakan tidak ada panen, dan petani di Kecamatan Ketapang baru saja memulai tanam padi,” kata Misnan, pedagang beras di Pasar Desa Pematangpasir, Kecamatan Ketapang, Lamsel, Rabu (1-2). Harga beras jenis Muncul saat ini Rp8.000—Rp8.300/kg dan beras jenis IR Rp8.200— Rp8.500/kg. Padahal, Minggu (29-1) lalu harga beras Muncul masih Rp7.700/kg dan IR Rp8.000/kg. Sementara untuk beras super atau kualitas 1 saat ini sudah di atas Rp9.000/kg. “Harga beras akan kembali normal di harga Rp4.000—

±

CMYK

Ekonomi Indeks KOMODITAS

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

±

±

CMYK

CMYK

perairannya untuk operasional Pelabuhan Panjang. Menurut Doso, jika hasil studi kelayakan tersebut layak dari sudut lingkungan maupun bisnis, PT Pelindo akan mengembangkan perluasan pelabuhan tersebut. “Rencana MoU ini sudah dibahas sejak Juli—Agustus lalu. Jadi kami tidak gegabah, apalagi ini menyangkut investasi triliunan.” Secara nasional, kata Doso, PT Pelindo II tahun ini akan berinvestasi Rp10 triliun, termasuk investasi di Pelabuhan Tanjung Priok, Batam, dan Pelabuhan Panjang. “Kami juga sedang melakukan investasi di Pelabuhan Sorong,” katanya. Doso menjelaskan saat ini Pelabuhan Panjang mengalami pertumbuhan arus bongkar muat. Untuk 2011, lalu arus bongkar muat naik 40% lebih, dari 5 juta ton menjadi 7,2 juta ton. “Untuk tahun ini saja tumbuh 4 sampai 5 juta ton. Kondisi ini tentunya sudah dua kali kapasitas Pelabuhan

Panjang,” kata Doso. Karena itu, ujarnya, strategi jangka pendekya adalah dengan meningkatkan teknologi menggunakan fasilitas jib crane. Untuk strategi jangka menengah dan panjangnya adalah perluasan lahan pelabuhan ke Desa Sibalang. “Hasil studi di Sibalang itulah baik lingkungan dan studi kelayakan hasilnya akan menentukan seperti apa kerja sama dengan Pemprov akan dilakukan.” Menurut Doso, selama ini arus barang melalui darat infrastrukturnya harus mendukung, karena itu perlu lewat kereta api melalui pelabuhan. “Khusus operasional jib crane, terbukti dapat mempercepat proses bongkar muat di Pelabuhan Panjang. Bongkar pupuk, misalnya, yang selama ini dilakukan selama 3 minggu, dengan adanya 4 jib crane tersebut bongkar muat pupuk 42 ribu ton hanya selesai 5 hari. Inikan menghemat waktu petani 16 hari menunggu datangnya pupuk menjadi lebih cepat,” kata Doso. (noV/E-1)

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung Mohamad Razif dalam berita resmi statistik, Rabu (1-2), mengatakan kelompok bahan makanan, kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar, serta kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau memberikan andil dalam pembentukan inflasi Bandar Lampung bulan lalu. Sedangkan kelompok sandang dan kelompok kesehatan menahan laju inf lasi dengan menyumbang deflasi 0,0072% di kelompok sandang dan 0,0096% di kelompok kesehatan. “Kelompok bahan makanan menyumbang andil inflasi terbesar, yaitu 0,4%. Diikuti perumahan 0,2%,” kata Razif. Menurut dia, ada beberapa komoditas dari kelompok bahan makanan yang mengalami kenaikan harga cukup tinggi selama Januari 2012. Di antaranya mentimun, petai, terung panjang, ikan selar, cumi-cumi, kangkung, wortel, cabai hijau, tomat sayur, dan ikan asin belah. Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Lampung Dody Gunawan Yusuf menambahkan laju inflasi ini diprediksi masih terus berlanjut di bulanbulan mendatang hingga April. Pasalnya, inflasi terbesar disumbangkan komoditas beras yang masih akan terus mengalami kenaikan harga sehubungan dengan musim paceklik. “Harga beras masih akan terus naik di bulan-bulan berikutnya karena panen baru akan terjadi April,” kata Dody. Selain itu, inflasi juga akan dipicu dengan naiknya harga rokok yang akan terjadi Februari mendatang. “Jika harga rokok naik 5% saja, sudah dipastikan menaikkan inflasi 0,3%,” kata Dody.

Peringkat Ke-35

Selain itu, komoditas sayuran dan buah-buahan juga masih akan menyebabkan inflasi di bulan mendatang karena komoditas ini bersifat musiman. Inf lasi yang terjadi di Bandar Lampung pada Januari 2012 ini menempati peringkat 35 dari 66 kota yang diamati perkembangan harganya. Dari 66 kota di Indonesia tersebut, inflasi tertinggi terjadi di Banjarmasin 2,92%. Sedangkan inflasi terendah di Banda Aceh 0,02%. Empat kota mengalami deflasi dengan indeks tertinggi terjadi di Sorong (-0,38%) dan terendah di Manado (-0,13%).

‘‘

Inflasi yang terjadi di Bandar lampung pada Januari 2012 ini menempati peringkat 35 dari 66 kota.

±

Secara nasional, pada Januari 2012 terjadi inflasi sebesar 0,76%. Inflasi di Januari ini terutama didorong naiknya harga beras yang menyumbang inflasi 0,18%, ikan segar 0,11%, daging ayam ras 0,09%, telor ayam ras 0,04%. “Inflasi Januari 2012 lebih rendah dibanding di 2011 lalu. Oktober emas memberikan sumbangan deflasi, tapi di November memberikan sumbangan inflasi 0,1%,” ujar Plt. Kepala BPS Suryamin di Jakarta, Rabu (1-2). Dari 66 kota di Indonesia, sebanyak 62 kota mengalami inflasi. Inflasi tertinggi di Banjarmasin 2,92%, Aceh 0,02%. Sebanyak empat kota mengalami deflasi tertinggi, di antaranya Sorong 0,38% dan Manokwari 0,31%. (noV/E-1)

TEnAGA KERJA

Seluruh Gubernur Bahas Kisruh Upah Buruh BANDAR LAMPUNG (Lampost): Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar memanggil seluruh gubernur se-Indonesia untuk membahas tumpang tindih upah buruh. Ia mengharapkan seluruh pihak mampu menuntaskan masalah penetapan upah buruh. “Kami melakukan persiapan rapat koordinasi. Gubernur seIndonesia akan dihadirkan pada Jumat mendatang. Kami akan bahas soal tumpang tindih perusahaan, tanah, dan soal buruh,” kata

±

Muhaimin di Jakarta, Rabu (1-2). Menurut Muhaimin, rapat koordinasi yang dilakukan khusus kemarin membahas dan menuntaskan permasalahan penetapan upah di Tangerang. “Besok Jumat semoga semuanya satu sikap. Biar dalam hal penetapan upah semuanya seragam.” Muhaimin menjelaskan penetapan upah harus disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Nantinya jangan sampai Gubernur menetapkan upah dengan caranya sendiri-sendiri. Ia pun akan me-

manfaatkan pertemuan tersebut untuk mendapat masukan soal revisi UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Di Lampung, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung Yusuf Kohar meminta agar para kepala daerah, bupati, dan wali kota, agar menjaga iklim invesatsi di daerahnya masingmasing. “Kalaupun ada masalah hendaknya dapat diselesaikan, bukan malah memperkeruh permasalahan,” kata Yusuf Kohar usai menghadiri rapat Apindo di

Jakarta, kemarin. Menurut dia, kepala daerah juga diharapkan tidak mendiskreditkan pengusaha, tapi diajak untuk bermitra membangun daerah. “Pengusaha juga kan masyarakat, dan kami juga memberikan sumabangsih mengatasi penggangur dan memberikan masukan pendapatan daerah.” Seperti diketahui, para buruh di Bekasi melakukan aksi unjuk rasa beberapa hari lalu terkait kisruh penetapan upah minimum kota/ kabupaten (UMK) Bekasi. (E-1)

CMYK

±

±

±

±

CMYK

kamis, 2 Februari 2012 lampung post

Bisnis & Korporasi

Tingkatkan SDM, Imbangi Perkembangan Ekonomi Syariah lebih variatif dibandingkan perbankan konvensional.

I 10

Bank Lampung Bagikan Santunan Ahli Waris ±

dengan pola bunga. Bukan hanya penamaannya, tapi proses pem­ berian pembiayaan juga berbeda, harus menggunakan proses se­ cara syariah. Akadnya dibeda­be­ dakan atau dipisah berdasarkan proses peruntukkannya. Akad tersebut menjadi tujuan pembia­ yaan. Semua proses pembiayaan dalam perbankan syariah diatur melalui fatwa Dewan Syariah Nasional.

Mel i h at p erkemb a n g a n bank-bank syariah ini, apakah dari sisi sumber daya manusianya sudah mencukupi? Apa upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan SDM perbankan syariah? Kami memang perlu me ningkatkan SDM Apa saja produk-produk pemsyariah untuk mengako­ biayaan yang ada di perbankmodasi perkembangan an syariah ini, apakah sama tersebut. Oleh karena itu, dengan bank konvensional? n DoKumEn lampung post Pada perbankan konvensional kami mendirikan pusat hanya ada satu pembiayaan yang studi ekonomi syariah. Pusat studi ERKEMBANGAN ekono­ dikenal dengan istilah kredit de­ ini menyiapkan kualitas SDM, mulai mi syariah yang terus meningkat harus diiringi dari kalangan mahasiswa mau­ ngan pola bunga. Sedangkan dalam dengan kesiapan sumber daya pun masyarakat umum, untuk pembiayaan di perbankan syariah manusia (SDM). Kini tidak hanya mengenal ekonomi syariah. Selain polanya cukup banyak. Ada pem­ perbankan konvensional yang itu, di lembaga ini kami juga me­ biayaan untuk produk jual­beli, mengembangkan unit usaha nyiapkan tenaga pendamping bagi sewa manfaat, atau pembiayaan syariah, berbagai asuransi mau­ pihak­pihak yang ingin mendirikan konsumtif. Untuk produk yang di­ pun lembaga keuangan lain juga perbankan syariah atau lembaga tawarkan juga lebih variatif seperti mulai melakukan pengembangan keuangan syariah lainnya. Bila SDM talangan haji, talangan umrah, tersebut sebelumnya sudah bekerja produk gadai emas, pembiayaan usaha syariah. Untuk mengetahui bagaimana di perbankan syariah, akan diadakan konsumtif, hingga modal kerja. kesiapan SDM syariah di Lam­ diklat khusus bagi tenaga­tenaga pung, berikut petikan wawancara kerja tersebut. Adapun pengajar dari Sebagai wakil ketua Persatuan wartawan Lampung Post Soni pusat studi ini berasal dari berbagai Bank Pembiayaan Rak yat Elwina dengan Direktur Bank praktisi perbankan syariah dan Milik Pemda (Perbamida), Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) lembaga pendidikan syariah lain­ bagaimana A nda melihat Bandar Lampung yang juga Ketua nya. Kami mengharapkan dengan perkembangan BPR milik Pusat Studi Ekonomi Syariah IAIN adanya pusat studi ekonomi syariah Pemda Lampung ini? Saat ini terdapat tujuh Perba­ Raden Intan Ridwansyah di ruang ini, kekurangan SDM syariah dapat diminimalisasi dan kualitas SDM mida di Lampung. Perbamida ini kerjanya, Rabu (1­2). diminta untuk menyetor PAD semakin baik lagi. yang cukup tinggi oleh Pemda. Perkembangan perbankan syariah maupun unit-unit Ada yang menganggap pem- Namun, pendanaan yang diberi­ usaha lembaga keuangan sya- biayaan syariah dengan pem- kan oleh Pemda ini masih sangat riah semakin berkembang cu- biayaan yang dilakukan per- minim. Kami sangat mengharap­ kup tinggi, bagaimana menu- bankan konvensional itu sama kan meski Perbamida adalah per­ saja, perbedaannya hanya pada bankan milik Pemda, sebaiknya rut Anda? Kalau kita melihat, saat ini penamaan pembiayaannya, jangan terlalu banyak intervensi dari kepemilikan Pemda ini. Sela­ memang semakin banyak orang bagaimana menurut Anda? Hal tersebut tidak benar. Bank ma ini Pemda hanya menyerahkan yang membagi uang miliknya un­ tuk ditempatkan di lembaga atau konvensional memberikan kredit modal setor ke BPR. (E-2) perbankan syariah. Mereka tidak biODaTa hanya menanamkan uangnya di Nama : Ridwansyah perbankan konvensional, namun Lahir : Kalianda, 8 Januari 1974 mulai membaginya di perbankan Hobi : traveling ke pantai syariah. Hal ini bukan saja ka­ Istri : Ratnawati Anak : 3 orang rena pendekatan religius yang Pendidikan : S-1 Ekonomi Unila dilakukan pengelola perbankan S-2 Ekonomi Syariah IAIN Lampung syariah, tapi juga karena lebih Organisasi : Kepala Divisi SDM Asbisindo lampung menguntungkan dan banyak Wakil Ketua Perbamida Lampung Ketua Bidang Litbang Perbarindo manfaat. Apalagi perbankan Pengurus ICMI Lampung syariah memiliki produk yang

P

±

±

PerbaNKaN

biNCaNG biSNiS

±

CMYK

n DoK. BanK lampung

SeraHKaN SaNTuNaN. pemimpin Bank lampung Cabang metro Edison, didampingi Kepala Bidang pemasaran Rudi, menyerahkan santunan kepada ahli waris nasabah, Rabu (1-2). penyerahan santunan sekaligus mewarnai peringatan Hut Bank lampung di kantor cabang metro.

METRO (Lampost): Delapan ahli waris nasabah Bank Lampung di Metro memperoleh santunan kerja sama Bank Lampung de­ ngan asuransi Askrida. Penye­ rahan dilakukan Divisi Trisuri, Amsir, mewakili Direktur Utama Bank Lampung Syamsu Rizal, dan Kepala Cabang Metro Edison beserta Kepala Bidang Pemasaran Bank Lampung Cabang Metro Rudi, Rabu (1­2). Penyerahan santunan di ruang rapat kantor Bank Lampung Cabang Metro itu sekaligus me­ warnai peringatan HUT ke­46 Bank Lampung.

Mewakili Direktur Utama Bank Lampung, Amsir menuturkan santunan yang diberikan meru­ pakan wujud perhatian Bank Lampung kepada para nasabah. “Bank Lampung akan terus mera­ jut silaturahmi kepada nasabah dengan memberikan kepedulian guna membantu meringankan keluarga yang ditinggalkan.” Menu r ut Pem impin Ba n k Lampung Cabang Metro Edi­ son, hendaknya ahli waris tidak melihat nilai santunan yang diberikan, tapi lebih pada makna pemberian santunan tersebut. “Bank Lampung berkeinginan

meski nasabahnya telah mening­ gal, tetapi ahli warisnya tetap menjadi bagian Bank Lampung,” katanya. Sikap peduli dan perhatian terhadap nasabah mungkin hanya ada di Bank Lampung ini. Oleh karena itu, ia mengharapkan si­ laturahmi semacam harus terus bisa tercipta harmonis. Santunan itu, menurutnya, diberikan jika nasabah tersebut meninggal dengan wajar. “Bagi nasabah yang meninggal lantaran narkoba atau hal tidak wajar lainnya, tidak mendapat santunan,” ujarnya. Sementara Kepala Bidang Pe­

masaran Bank Lampung Cabang Metro Rudi mengatakan berbagai inovasi untuk menarik nasabah menjadi ikatan keluarga yang diimplementasikan dengan ber­ bagai kemudahan, serta sikap kepedulian dan kebersamaan akan terus dilakukan, salah sa­ tunya memberikan santunan kematian kepada nasabah. “Meski nasabah telah mening­ gal, tetapi haknya tidak terputus. Bank Lampung tetap menjadi mitra,” kata dia. Menurut Rudi, hal itulah salah satu yang mem­ bedakan Bank Lampung dengan bank lainnya. (Can/E-2)

Tingkat Hunian Hotel di Akhir Tahun Melonjak ber 2011 naik 4,24% dibanding­ kan dengan bulan sebelumnya. kamar (TPk) hotel bintang dan nonbintang di Sedangkan di hotel nonbintang Lampung pada Desember 2011 mencapai 47,47%. naik hingga 12,23%. “Jumlah tamu di hotel berbin­ angka ini naik 3,62% dibandingkan TPk November t a ng bu la n Desember 2 011 yang tercatat 43,85%. sebanyak 16.625 orang; 1.609 tamu asing dan 15.016 tamu Menurut Razif, berdasarkan Kepala Badan Pusat Statistik domestik. Sedangkan di hotel pendataan BPS, jumlah tamu (BPS) Provinsi Lampung Mo­ hamad Razif dalam berita resmi menginap pada Desember di nonbintang 82.160 orang yang terdiri dari statistik, Rabu (1­2), mengatakan hotel bintang 82 .095 t a mu kenaikan TPK terutama terjadi maupun non­ domestik dan di hotel bintang di Bandar Lam­ bintang men­ 8 .952 t a mu pung yang mencapai 62,84%, capa i 98.785 Kenaikan tingkat a s i n g ,” k a t a naik 8,46% dibandingkan No­ orang. Jumlah vember yang ha nya 54, 38%. t a mu terd i r i hunian hotel, terutama Razif. Sedangkan, TPK di hotel non­ d a r i 1 . 6 7 4 terjadi di hotel bintang Tamu Meng­ bintang hanya naik 1,71% dari t a m u a s i n g 39,66% pada November menjadi d a n 9 7. 1 1 1 di Bandar lampung. inap Naik tamu domes­ 41,37% di Desember 2011. Sement a ra Kenaikan tingkat hunian ini t i k . J u m l a h itu, dilihat diperkirakan bertepatan dengan ini naik 9.473 (10,61%) diban­ dari lama tamu meng inap pada libur Natal dan akhir tahun, dingkan November yang hanya Desember 2011 naik 0,01 hari yang biasanya hotel­hotel meng­ 89.312 orang. dibandingkan bulan sebelum­ Jumlah tamu menginap di ho­ nya menjadi 1,40 hari. Tamu gelar acara khusus di malam tel bintang pada periode Desem­ asing rata­rata menginap 1,84 pergantian tahun.

BaNDaR LamPUNG (Lampost): Tingkat penghunian

‘‘

hari, turun 2,84 hari dibanding­ kan November 201. Sedangkan, tamu dalam negeri rata­rata 1,39 hari, naik 0,02 hari dibanding periode sebelumnya. “Rata­rata lama menginap di hotel berbintang 1,60 hari naik 0,13 hari dibanding November. Rata­rata lama tamu menginap di hotel nonbintang sekitar 1,32 hari, turun 0,04 hari dengan perincian tamu asing 5,75 hari dan tamu domestik 1,31 hari,” kata dia. Ra zi f mena mba h ka n da r i dat a BPS n i l a i T PK menu­ rut kabupaten/kota tertinggi ter jad i d i La mpu ng Tenga h (58 , 0 0%). Di i k ut i L a mpu ng Selatan (47,84%), Kota Bandar La mpu ng (43,75%), Ta ngga­ mus (42,21%), Metro (39,83%), Tulangbawang 36,73%, dan ka­ bupaten/kota lainnya di bawah 35%. Sementara TPK terendah terjadi di Lampung Utara yang tercatat 26,06%. (noV/E-1)

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±

± ±

CMYK CMYK

kamis, 2 FEBRUARI 2012 lampung post

± ±

CMYK

± ±

I 11

Pariwara

± ±

±

± ±

±

± ±

±

± ±

CMYK CMYK

± ±

CMYK

± ±

CMYK

±

Opini

KAMIS, 2 Februari 2012 lAMpuNg poSt

TAJUK Tragedi Keadilan Nenek Rasminah

±

TRAGEDI keadilan seperti tak habis melanda negeri ini. Aparat terus saja pamer diskriminasi, begitu garang menindak rakyat jelata, tetapi lunglai ketika menghadapi kalangan berada dan berkuasa. Korban teranyar ialah Rasminah, nenek berusia 55 tahun. Mahkamah Agung memvonisnya 4 bulan 10 hari. Rasminah memang tak perlu menjalani penjara lagi. Masa hukuman dalam vonis MA itu sesuai dengan masa penahanan yang telah dijalani Nenek Rasminah selama proses penyidikan. Namun, vonis itu mengguncang rasa keadilan publik lantaran kesalahan sang nenek bisa disebut ecek-ecek. Ia dituding mencuri enam piring dan bahan sup buntut milik majikannya, Siti Aisyah Margaret Soekarnoputri. Pada sidang 22 Desember 2010, Pengadilan Negeri Tangerang sebenarnya memvonis bebas Rasminah. Namun, jaksa bernafsu mengajukan kasasi. Akibatnya, untuk menyelamatkan wajah penegak hukum, MA memvonis sang nenek sesuai dengan masa tahanannya sehingga impas. Warga Ciputat, Tangerang Selatan, itu harus meratapi nasib sebagai rakyat kecil yang sepertinya haram mendapat keadilan. Di sisa usianya, ia pun harus menanggung beban psikologis berat lantaran menyandang sebutan tak enak, yakni pencuri. Bukan kali ini saja wong cilik menjadi santapan kegarangan penegak hukum. Belum hilang dari ingatan ketika Nenek Minah, warga Banyumas, Jawa Tengah, divonis 1 bulan 15 hari karena mencuri tiga buah kakao senilai Rp2.100 pada 2009. Kemudian, November tahun lalu, Aguswandi Tanjung dipenjara 6 bulan kurungan karena dituduh mencuri listrik, padahal ia cuma menumpang menge- charge ponsel di lobi sebuah apartemen. Mimpi buruk penegakan hukum berlanjut di Palu, Sulawesi Tengah, saat seorang pelajar diancam hukuman 5 tahun hanya karena mencuri sandal jepit seharga Rp30 ribu milik Briptu Ahmad Rusdi Harahap. Pada sidang 4 Januari 2012, ia divonis bersalah, tetapi dikembalikan ke orang tuanya. Apa yang menimpa Nenek Rasminah merupakan bukti teramat nyata bahwa pedang hukum hanya tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas. Para penegak hukum di negeri ini kelebihan nyali ketika menindak para tunakuasa. Sebaliknya, mereka miskin akal dan keberanian untuk menjerat mereka yang disebut-sebut terlibat dalam perkara kakap, seperti Bank Century, wisma atlet, dan juga surat palsu Mahkamah Konstitusi. Kita jelas harus menggugat, mengapa jaksa begitu gesit membawa kasus Rasminah ini ke MA? Bukankah hingga 2011 ada 8.000 lebih perkara kasasi dan peninjauan kembali yang tertunggak untuk segera diputus? Kasus Nenek Minah hingga Nenek Rasminah semakin mengusik nurani kita. Akan dibawa ke mana sebenarnya hukum di Republik ini? n

NUANSA Hendaklah Mereka...

±

MENDAGRI Gamawan Fauzi beberapa kali mengusulkan agar moralitas yang baik menjadi salah stau syarat menjadi kepala daerah atau jabatan publik lainnya, tapi usulannya selalu mentok. “Sudah saya usulkan, tapi mereka tak mau,” kata Gamawan akhir pekan lalu. Gamawan hanya mesem-mesem ketika ditanya siapa orang itu. Ia sepertinya yakin pers atau publik pasti sudah tahu kelompok dimaksud. Sikap “mereka” ini mengingatkan saya pada beberapa tanggapan ketika banyak pejabat publik ketahuan berselingkuh, termasuk menghamili perempuan yang bukan istri mereka. “Itu urusan pribadi. Jangan kaitkan dengan jabatannya.” atau “Biar aja selingkuh, yang penting kinerjanya bagus.” adalah sebagian komen itu. Ini sebuah pendapat yang sah-sah saja. Tapi, bagi saya, moralitas sangat penting bagi pejabat publik. Ada korelasi erat antara moralitas dan kinerja. Parameter sederhana akan terbaca pada kualitas produk. Pejabat tidak bermoral baik akan susah amanah. “Bagaimana mungkin mereka mau amanah, sedangkan terhadap anak-istri, orang yang notabene paling dekat dengan mereka, saja mereka tipu, apalagi orang lain dan jabatannya. Korupsi akan dengan gampang dilakukan,” begitu komentar Evi, warga Batam. Ini salah satu alasan awam yang sangat rasional. Berbagai reaksi negatif masyarakat atas kasus-kasus amoral pejabat publik adalah isyarat bahwa jabatan publik sesungguhnya menghendaki moralitas bersih penyandangnya. Harga sebuah kehormatan sangat mahal ditandai pemberian fasilitas, finansial, dan berbagai privelese menggiurkan. Sebab itu, penyandangnya mesti memiliki kualitas tinggi pula yang salah satunya adalah moral bersih, termasuk moral amanah berumah tangga. Moralitas yang baik adalah fitrah dasar manusia. Maka, pejabat bermoral bersih yang akan cenderung berusaha keras tetap berada dalam posisi kefitrahannya itu. Karakter ini akan difungsikan secara proaktif dalam tindak kesehariannya. Dia akan sangat menyadari posisinya sesuai hak dan kewajibannya, khususnya terhadap rakyat, tempat sumber penghasilannya berasal. Kedalaman spirit, kecerdasan moral, dan kecerdasan intelektual menjadi modal berharga yang dijabarkan dalam berbagai kebijakan berorientasi rakyat banyak. Dalam konteks relasi kesadaraan diri seperti inilah para pejabat publik akan memperoleh dukungan para pengikutnya dan rakyat banyak. Di tengah demoralisasi yang tengah berlangsung secara sistemik dan para aktor kejahatan, khususnya korupsi dan manipulasi dengan khusuknya beroperasi, keberadaan orang-orang seperti ini akan menjadi oase di padang gersang. (HESMA ERYANI)

PAK DE

±

PAK HO

Pengelolaan hutan di Lampung banyak menyimpan persoalan.

Sumbernya sistem administrasi dan penegakan hukum.

n FERIAL

POJOK Utang Indonesia hingga akhir 2011 sebesar Rp1.800 triliun. Orang tua yang baik berusaha meninggalkan aset, bukan utang. n Pembekuan kepengurusan PSSI Lampung memberikan citra buruk. Bagaimana akan berprestasi kalau pengurusnya bertikai?

±

CMYK

±

CMYK

±

I 12

Hilangnya Keadaban Hukum Rm. Benny Susetyo

Sekretaris Dewan Nasional Setara

K

ASUS—kasus kekerasan yang marak akhir ini tidak lepas dari lemahnya pe­ negakan hukum di masyarakat. Hu k u m t ida k lag i ber pi ha k pada nurani keadilan, sehingga masyarakat menggunakan kek­ erasan sebagai manifestasi kebun­ tuan saluran komunikasi. Saatnya hukum difungsikan un­ tuk melindungi kepentingan ber­ sama, bukan berpihak kepentingan pemodal dan orang berkuasa. Perihal perlakuan yang sama ter­ hadap setiap manusia sudah lama mengemuka di alam pemikiran Yu­ nani masa Socrates, Plato, dan Aris­ toteles. Saat itu sebagian golongan ada yang masih mempertahankan budaya diskriminasi. Socrates yang menentang keras praktek diskriminasi ini akhirnya diracun. Baru dengan lahirnya Magna Charta, pada 1215, muncul pemikiran bahwa setiap manusia harus diperlakukan sama. Para pangeran dan baron alam dihukum berdasarkan atas kesamaan dan sesuai pelanggaran yang dilaku­ kannya. Sebelumnya, raja maupun bangsawan kebal hukum. Hanya orang biasa yang bisa dihukum.

Hanya Formalitas

Kendatipun hukum di Indonesia jelas­jelas memuat kesederajatan dalam hukum, masalah diskrimi­ nasi sudah menjadi rahasia umum.

Hukum begitu sulit menciptakan keadilan antara si kuat dan si lemah, si kaya dan si miskin, si pin­ tar dan si bodoh, serta penguasa dan rakyat jelata. Ketidakadilan perlakuan antara dua golongan itu mencerminkan lemahnya sistem hukum yang ditopang runtuhnya moralitas penegak hukum. Para penegak hukum kekurang­ an visi dalam melahirkan keadilan yang sama rata sama rasa. Mereka yang kuat, kaya, dan penguasa se­ ring bisa mengakali hukum dan lo­ los dalam jeratannya. Hukum pun mengabaikan etika dan moralitas. Semua dijalankan dalam aspek formalitas yang mudah dikelabuhi dan direkayasa. Itulah jawaban mengapa akhir­ akhir ini tidak jarang vonis hukum yang absah secara formal. Namun, secara moral dipertanyakan. Bah­ kan, andai saja para pangeran dan baron mendapatkan hukuman, kerap tidak setimpal. Mereka bisa dibebaskan dengan macam­ macam dalih orang pintar. Mereka bisa menikmati hukuman dengan hiburan sekaligus, dipenjara sam­ bil melancong. Mereka yang berada di atas angin mudah menghukum sia­ pa saja lawan politiknya dengan dalih pe negakan hukum, seba­ liknya mereka dalam posisi ter­ belit masalah hukum menuduh penguasa memiliki kepentingan politik dalam penegakan hukum. Hukum terlalu sering berkelindan

dengan kepentingan politik, dan akibatnya jiwa rechstaat hanyalah pemanis mulut. Keadilan ini lebih banyak dikendalikan oleh mereka yang berkuasa secara ekonomi dan politik. Kita menyaksikan semua pertun­ jukan itu dengan jelas dan terang.

‘‘

Kita tidak berdaya dalam pemberantasan korupsi karena pelakunya adalah teman-teman dekat, saudara, maupun kelompok sendiri.

Kita tidak berdaya dalam pembe­ rantasan korupsi karena pelakunya adalah teman­teman dekat, saudara, maupun kelompok sendiri. Pem­ berantasan korupsi hanya keras di mulut para politisi dan begitu lembek dalam kenyataannya. Politik tidak bekerja untuk mendorong agar hukum bisa dite­ gak seadil­adilnya. Politik hanya mendorong tindakan penegakan hukum untuk keuntungan ke­ pentingan dirinya sendiri. Seorang koruptor yang sudah merampok uang negara pun merasa tenang karena ia tahu bahwa hanya me­ mainkan sebagian kecil uang hasil

rampokannya, ia seolah­olah tidak menjalani hukuman. Begitu buruknya penegakan keadilan dalam sistem hukum negara ini tak jarang memuncul­ kan sikap pesimistis yang akut, masih adakah celah bagi kita untuk memperbaiki semua ini. Semua praktek yang mengandung unsur pembiaran dan pelanggen­ gan budaya penegakan hukum yang demikian begitu menggurita, dari atas ke bawah, dari samping kiri ke kanan, dari segala sisi. Da­ lam situasi karut­marut ini, cukup mengherankan ketika pemimpin belum mengambil tindakan stra­ tegis yang bisa menyelamatkan wajah hukum negeri ini. Semua pihak tentu tidak ingin melihat ini sebagai sebuah pembi­ aran dan kesengajaan. Di pihak lain kegeraman rakyat sudah bisa dapat dibaca dengan terang dari ketidak­ percayaan pada hukum dan aparat­ nya yang semakin memuncak. Politik Penguasa

Semua menyadari bahwa mele­ nyapkan semua unsur diskriminatif dalam kehidupan berbangsa bukan pekerjaan mudah. Namun, itu bukan mustahil, bahkan dapat diyakinkan dengan adanya dukungan rakyat semesta. Tindakan adil dan tegas serta sama rata kepada setiap warga merupakan awal baik mengembali­ kan kepercayaan rakyat atas adanya keadilan di negeri ini. Apapun risikonya, semua pihak harus berani

menghentikan sistem dan budaya yang berusaha mengembangkan diskriminasi di negeri ini. Rakyat memerlukan adanya mo­ mentum yang bisa meyakinkan di­ rinya bahwa kita hidup berbangsa dan bernegara menuju arah yang benar. Jurus hukum belah bambu, injak yang lemah dan angkat yang kuat, merupakan tindakan me­ ngajarkan publik diskriminasi itu niscaya dan berlaku di mana saja. Yang diuntungkan hanyalah para pangeran dan baron. Yang dihu­ kum hanyalah maling kelas teri. Inilah politik penguasa selalu memperlemah sistem ketika sistem mengancam kekuasaan. Harus waspadai akal bulus penguasa yang kerap memainkan instrumen hukum hanya demi kepentingan kekuasan. Inilah yang menyebab­ kan masyarakat menjadi barbar ketika hukum tidak berfungsi optimal melindungi kepentingan publik. Dibutuhkan keberanian menata kembali keadaban hukum agar berfungsi optimal melindungi kepentingan bersama. Orientasi hanya bisa dilakukan bila ada kemauan penguasa untuk mengembalikan keadaban hukum menjadi panglima di negeri ini, bukan kepentingan kapital dan politik sesaat. Publik berharap penguasa negeri bisa membaca tanda zaman bahwa maraknya kekerasan tidak lepas dari masalah akut di negeri ini, yakni hukum tidak berfungsi. n

±

Rakyat Tersandera Predator Anggaran Jusman Dalle

Analis Ekonomi-Politik Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia, Makassar

B

EBERAPA hari belakangan, Indone­ sia menjadi sorotan dunia. Kali ini bukan karena prestasinya meraih peringkat investasi Fitch’s Rating Ltd. dan Moody’s Investor Service, tetapi karena ada kejadian heroik yang dilakoni anak­anak sekolah dasar (SD). Mereka yang menggantung asa dan karenanya bertaruh nyawa menyeberangi (penulis istilahkan) “jembatan pendidikan” yang oleh media ternama dari Inggris, Dailymail disebut bak sepotong adegan film Indiana Jones. Aksi nekat anak­anak SD di Sang Hiang, Lebak, Banten, yang meniti jembatan di atas terjangan banjir tersebut menampar wajah pejabat publik. Akhir­akhir ini baik eksekutif dan legislatif menjadi bulan­ bulanan akibat laku paradoksnya terhadap realitas kehidupan rakyat. Lihatlah, hanya berjarak 77 kilometer dari lokasi “jembatan pendidikan Indiana

Jones” berdiri megah gedung DPR. Hari­ hari ini penghuninya menuai cercaan akibat dugaan mark-up anggaran sejumlah proyek bagi fasilitas wakil rakyat yang ki­ nerjanya nyaris tak dirasakan itu. Proyek Fantastis

Publik terperanjat ketika tahu untuk toilet berukuran 3 x 2 meter persegi, negara harus mengeluarkan biaya hingga Rp2 miliar. Pun dengan anggaran kalender yang mencapai Rp1,3 miliar. Lain pula soal renovasi ruang rapat Badan Anggaran yang angkanya lebih fantastis Rp20 miliar dan kursi impor seharga Rp24 juta per unit. Masih ada ironi lain. DPR bakal membeli pengharum ruang Rp1,59 miliar dan Toyota Camry Rp6,5 miliar. Bukan hanya DPR yang menggerogoti uang negara. Pemerintah pun tak mau ke­ tinggalan ikut merenovasi. Bayangkan saja, untuk anggaran peningkatan sarana dan prasarana aparatur (meliputi beberapa istana negara) yang dikelola Sekretarian Negara, telah dianggarkan Rp80,4 miliar dalam

APBN 2012. Tiga fakta di atas, yaitu kisah “jembatan pendidikan”, gedung DPR, dan renovasi istana, merupakan potret buram wajah republik yang digelayuti paradoks. Penulis jadi teringat petuah Arnold Toynbee dalam buku Sejarah Umat Manusia. Sejarawan kenamaan asal Inggris terse­ but mengatakan kemajuan kehidupan pada dasarnya akan mengantarkan pelakunya ber­ sifat seperti parasit. Hanya bisa hidup dengan menggerogoti induk/inangnya. Lebih lanjut, kata Toynbee, pada titik ekstremnya sifat parasitik tadi bahkan sering berubah menjadi predatoris. Memangsa, mengorbankan siapa saja demi mencapai hasratnya. Tanpa Tindakan

Ibarat parasit, para politikus dan pejabat negara menggerogoti anggaran yang seha­ rusnya diperuntukkan rakyat tersebut. Me­ reka hanya mampu hidup dengan korupsi. Alhasil, rakyat pun jadi korban. Anggaran yang seharusnya untuk membangun prasa­ rana pendidikan, infrastruktur pertanian, dan sarana publik semua terkuras ke kas­kas

koruptor, dikanalisasi untuk kepentingan individu atau kelompok. Parahnya, sudah korupsi, mereka tak juga berkinerja. Lebih parah lagi ketika sifat predatoris­ nya yang berlaku. Tak segan menghabisi orang lain. Seperti mafia (atau memang sudah menjadi mafia), mereka memiliki jaringan yang rapi dan terorganisasi. Pada titik ini, pimpinan puncak dalam satu lem­ baga atau organisasi seharusnya memiliki kecakapan dan tindakan untuk mereduksi praktek­praktek kotor bawahannya. Tapi, apa daya jika ternyata pemimpin yang diharapkan tak bisa berbuat banyak. Tersandera oleh berbagai kepentingan. Atau barangkali memiliki belang yang sama sehingga enggan sama­sama teriden­ tifikasi sebagai pemimpin predatoris. Oleh sebab itu, jangan salahkan jika rakyat frustrasi menyaksikan tontonan yang diperagakan para pejabat. Anarkisme, konflik horizontal, dan berbagai bentuk le­ tupan­letupan sosial hanyalah efek samping dari kerusakan terstruktur yang mendera bangsa kita. Jika begini, lalu mau apa? n

±

Program Keluarga Berencana yang Terlupakan Armalia Arsyad Aliem Alumnus Fakultas Hukum Universitas Lampung

P

ADA era 1980­an kampa­ nye keluarga kecil bahagia sejahtera dilakukan intensif sampai ke desa­desa terpencil. Pada masa itu Indonesia berhasil melaku­ kan program Keluarga Berencana (KB) dengan tema dua anak cukup, lelaki atau perempuan sama saja. Pemerintah mengerahkan petu­ gas lapangan keluarga berencana (PLKB) untuk merekrut kader sam­ pai ke desa­desa. Reformasi bergu­ lir dan program KB nyaris tak ter­ dengar. Tak ada lagi poster keluarga kecil bahagia sejahtera dengan dua anak. Jarang ada puskesmas yang berfungsi sebagai posyandu. Laju pertumbuhan penduduk Indonesia menurut BPS sepanjang 2000—2010 sebesar 1,49%. Angka tersebut lebih tinggi daripada rata­ rata laju pertumbuhan penduduk dunia 1,2%. Kini jumlah penduduk Indonesia mencapai 237 juta jiwa, nomor empat terbesar di dunia. Beberapa penyebab ledakan pen­ duduk adalah kampanye KB yang

hampir tak terdengar, padahal BKKBN masih berdiri.

Menikah Muda

Pemerintah dan DPR pada era reformasi lebih sibuk mengurusi pemekaran wilayah dan menagih bentuk­bentuk demokrasi seluas­ luasnya. Jumlah dan kualitas pen­ duduk hampir dilupakan sehingga kita tidak mempersiapkan generasi mendatang yang lebih berkualitas. Era modern ditandai dengan ter­ bukanya kesempatan kerja baru dan identik dengan penundaan usia perkawinan, tetapi data BPS menunjukan era 20 0 0 —2010 terdapat usia kawin lebih muda yakni 19 tahun. Ledakan penduduk yang tidak diiringi pembukaan kesempatan kerja pada gilirannya memicu pengangguran. Selain itu, banyak anak muda yang putus sekolah menikah muda tanpa dibekali pengetahuan tentang KB. Jika remaja putus sekolah tidak bekerja dan menikah kemudian punya anak, bisa dipastikan akan me­ nimbulkan masalah keluarga yang

dampaknya sangat serius. Negara yang kuat adalah kum­ pulan dari kelompok masyarakat yang sehat dan cerdas. Kelompok masyarakat adalah gabungan dari rumah tangga yang memiliki ang­ gota keluarga berkualitas, sehingga membangun keluarga bahagia dan sejahtera adalah fondasi dalam menciptakan negara yang kuat dan bersaing. Jika ada pilihan, kita bisa memilih keluarga besar yang bahagia dan se­ jahtera, mengingat luasnya wilayah Indonesia dan penyebaran penduduk yang belum merata. Tetapi, faktanya akan lebih mudah mengurus yang sedikit tetapi berkualitas daripada banyak tetapi marjinal. Kaum marjinal dalam konsep sosiologis selalu memiliki ikatan batin yang tak terlihat tapi terasa. Apalagi jika hak­hak mereka terin­ jak dan suara­suara mereka tidak pernah digubris, sangat rentan bertindak anarki. Kalangan ini mendominasi kehidupan di daerah urban, dengan kesenjangan yang luar biasa dan sangat kasat mata. Penyebab kekerasan terdengar

sederhana, misalnya rebutan lahan parkir atau tuntutan upah yang bisa diselesaikan secara bipartit. Selain alasan ekonomi, ada hal yang perlu dicermati yaitu soal harga diri. Kaum marjinal merasa tidak diper­ hatikan, dikerdilkan, dan dire­ mehkan. Dengan melakukan aksi tersebut, mereka ingin penguasa tahu bahwa kami juga bisa.

Kebutuhan Dasar

Jika kebutuhan dasar tidak dapat dipenuhi oleh pengelola negara, yang muncul adalah kemarahan dan kekecewaan. Menjadi warga kelas dua di negaranya sendiri. Selalu waswas apabila berada di angkutan umum, selalu pusing menjelang tahun ajaran baru, dan bingung jika anggota keluarganya dirawat di rumah sakit. Mereka tidak menuntut punya rumah besar dengan halaman luas. Cukuplah dengan rumah sehat yang bisa dicicil dengan jumlah yang disesuaikan dengan penghasilan mereka. Mereka juga tidak pernah bermimpi punya mobil mewah untuk keluarganya.

Setidaknya tersedia transportasi umum yang murah, aman, dan layak sehingga kegiatannya men­ cari nafkah berjalan lancar. Menjadi kaum elite atau marji­ nal bukanlah persolan nasib atau pilihan. Tetapi mempersiapkan generasi berkualitas menjadi tugas pengelola negara yang diamanahkan kepada para orang tua. Orang tua yang memiliki pemahaman bahwa anak­anak mereka adalah penerus bangsa akan berusaha memberikan pendidikan yang benar. Peran negara adalah memberikan fasilitas sebaik­ baiknya kepada warganya. Indonesia itu negara besar yang tanahnya subur dan sumber daya alamnya luar biasa melimpah. Bangsa kita juga cerdas­cerdas dan tidak bodoh seperti yang dide­ ngungkan penjajah dulu. Namun, memang kita harus lebih percaya diri sehingga dunia luar bahkan negara jiran pun tidak mudah me­ rendahkan kita. Pemerintah, tokoh masyarakat, kaum cendekiawan, dan pengusaha bersepakatlah un­ tuk menjadikan negara ini damai dan sejahtera. n

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi: Sabam Sinaga. Wakil Pemimpin Redaksi: Heri Wardoyo. Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F. Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat. Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama. Redaktur Pelaksana: Iskandar Zulkarnain, Iskak Susanto. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Redaktur: Alhuda Muhajirin, Sri Agustina, Amiruddin Sormin, Wiwik Hastuti, Heru Zulkarnain, Zulkarnain Zubairi, Hesma Eryani, Sudarmono, Trihadi Joko, Umar Bakti, D. Widodo. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Muharam Chandra Lugina, Musta’an, Kristianto, Nova Lidarni, Syaifulloh, Lukman Hakim. Liputan Bandar Lampung: Sri Wahyuni, Rinda Mulyani, Vera Aglisa, Sony Elwina Asrap, Zainuddin. Biro Lampung Utara: Buchairi Aidi (Kabiro), Ruhiman, Hari Supriyono. Lampung Barat: Henri Rosadi (Plt. Kabiro), Eliyah. Way Kanan: Yoel Lukasim (Kabiro), , Mat Saleh. Lampung Tengah: Ikhwanuddin (Kabiro), Andika Suhendra (Wakabiro), M. Lutfi, Agus Hermanto. Metro/Lampung Timur: Sudirman (Kabiro), Djoni Hartawan Jaya (Wakabiro), Chairuddin (Wakabiro), Agus Chandra, Eddy Ribut Herwanto, Suprayogi. Tulangbawang: Muhammad Guntur Taruna (Kabiro), Juan Santoso Situmeang. Tanggamus: Mif Sulaiman (Kabiro), Sudiono, Sayuti, Widodo. Lampung Selatan: Herwansyah (Plt. Kabiro), Aan Kridolaksono, Usdiman Genti. Pesawaran: Meza Swastika. Desain Grafis: DP. Raharjo, Sugeng Riyadi, Sumaryono, Sugito, Malianingsih, Ridwansyah, David Jackson, Djadi Satmiko, Ferial, Nanang B, Nurul Fahmi. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Account Executive Iklan: Oki Haray, Merry Destaria, Shiera Maqhruf, Mardlian Shah, Ferawati. Manajer Keuangan dan Akunting: Rosmawati Harahap. Manajer Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Sanggar Pramuka No. 9, Kalianda Telp/Fax: (0727) 322724. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Imam Bonjol No.1, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan

±

CMYK

±

±

CMYK

±

CMYK

±

±

Suara Pembaca

kamis, 2 fEBRUARI 2012 LAMPUNG PoST

I 13

Lampung Post menerima kiriman tulisan berupa opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo. com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung. Pengiriman surat pembaca via e-mail harus dilengkapi alamat lengkap dan nomor telepon.

±

±

±

Mengapa Konflik Selalu Berulang? GERAKAN reformasi telah berhasil menumbangkan rezim Orde Baru de­ ngan mengubah wajah Indonesia dari semua sendi kehidupan masyarakat, baik sisi politik, sosial, ekonomi maupun budaya. Banyak yang tidak menduga—mung­ kin para tokoh reformasi sendiri—kalau akhirnya Indonesia setelah huru­hura 1989 berubah drastis. Transisi kehidupan politik dan sosial di Tanah Air masih berlangsung sampai sekarang. Entah sampai kapan transisi ini berjalan. Yang menarik sekaligus menyedihkan, dalam proses transisi ini konflik antarsuku, etnis, dan agama tiba­tiba menemukan ruang yang sangat luas. Konf lik dan perang terbuka, yang sebelumnya jarang terjadi dan menim­ bulkan korban begitu banyak dan merata di berbagai daerah, seakan melengkapi “kejatuhan Indonesia”. Konflik terbuka itu mengubah wajah Indonesia yang sebelumnya dikenal mu­ rah senyum dan ramah­tamah menjadi sangat kejam dan tidak berperikemanu­ siaan. Selama konflik terbuka itu, nyawa manusia seakan tidak berharga dan mungkin lebih berharga dibandingkan hewan. Tidak terasa delapan tahun su­ dah Indonesia berada di bawah pimpin­ an Susilo Bambang Yudhoyono. Proses suksesi SBY memang relatif cerpat, tapi selama masa pemerintahannya konflik­ konf lik di berbagai daerah meletus dengan hebatnya. Ibarat pepatah “ bagai api dalam sekam” konflik di daerah berpotensi meledak dan membesar. Data mengenai konflik antarwarga yang disulut pertikai­ an suku, etnis, dan budaya yang dikemas dengan simbol agama dengan sangat baik ditampilkan dalam buku Indonesia dalam Krisis (2002). Dalam buku yang disunting Salomo Simanungkalit itu dipaparkan kronologi berbagai peristiwa atau konflik di Tanah Air. Berbagai upaya penyelesaian damai untuk tiap konflik juga diuraikan dengan baik. Pertanyaan kita, mengapa konf lik dan perang terbuka antarsuku, etnis, dan agama bisa meledak dahsyat dan meminta korban banyak nyawa? Apa

saja pemicu konflik itu? Mengapa konflik masih terjadi, bahkan di daerah yang selama ini tidak kita bayangkan seperti Sumatera Selatan dan Lampung? Dan bagaimana solusi paling tepat agar kon­ flik tidak terulang? Pakar antropologi sosial Budi San­ toso mengungkapkan berbagai konflik di daerah yang kini masih kerap terjadi dan akan terus berulang jika tidak serius menanganinya. Akibat menyusutnya sumber daya alam (SDA) dan rusaknya lingkungan hidup di daerah Akibat eksploitasi yang sangat berlebihan se­ lama ini, persaingan untuk memperoleh sumber kehidupan itu makin keras. Sementara itu, aturan hukum, yang se­ harusnya bisa menjadi penengah, tidak jalan. Kekecewaan rakyat bertumpuk ketika mereka tidak mampu bersaing dengan kelompok yang lebih maju dan lebih canggih. Kelompok terakhir ini bahkan bisa “membeli hukum”, sehingga terjadilah apa yang disebut survival of the fittest, siapa yang kuat dialah yang menang. Kalau sudah begitu, persoalan kecil saja akan menjadi penyulut konflik besar. Ketika konf lik meledak, masyarakat mencari simbol­simbol etnis dan agama. Sebab, simbol­simbol itu menjadi payung dan senjata ampuh mengalahkan la­ wan. Menyikapi hal ini, pemerintah harus menegakkan keadilan, bukan semata menegakkan supremasi hukum. Sebab, jika hanya supremasi hukum, hukum itu sendiri bisa diabaikan dan mungkin bisa dibeli oleh mereka yang mem­ punyai uang. Fenomena banyaknya pengusaha atau elite yang dinyatakan bersalah dan tidak juga dikenai hu­ kuman bukan tidak mungkin akan menyulut sentimen dan kembali me­ nimbulkan konflik. Sa la h satu cara mencega h kon­ flik, pemerintah perlu merevitalisasi lembaga­lembaga adat. Lembaga adat bisa berfungsi untuk mendeteksi se­ tiap kejadian di daerah. Jadi, sebelum kejadian membesar, bisa diselesaikan di lembaga adat. Dengan catatan, mereka diberi peran dan dipercaya. Revitalisasi ini penting mengingat jumlah aparat kepolisian yang seharusnya bertugas

mengamankan setiap daerah masih kurang. Jika kedua hal tadi sudah dikemba­ likan fungsinya seperti dulu sebelum pemerintahan Orde Baru, agenda pen­ ting lainya adalah penegakkan hukum. Aparat penegak hukum tidak boleh lagi main­main dan membedakan rakyat sehingga kepercayaan terhadap hukum meningkat. Mahfudin Jalan Poros Mesuji F Mesuji

Tanggapan PLN Lampung

MENANGGAPI keluhan pelanggan di rubrik SMS Interaktif pada SKH Lampung Post edisi 11, 13, 14, 16, dan 19 Januari 2012, perkenankanlah kami menyampaikan penjelasan sebagai berikut. Terima kasih atas perhatian Bapak Ri­ yadi dengan nomor ponsel 085380343*** di Kotaalam, Bapak Rizqo Mustaqim dengan nomor ponsel 085769495*** di Sungkai Tengah, Bapak Joko Sumarno di Ketapang, dan pelanggan dengan nomor ponsel 085261101284 di wilayah Wono­ sobo. Berikut hal yang dapat kami sam­ paikan. Sebelumnya kami mohon maaf atas kekurangnyamanannya. Sampai saat ini pihak PLN belum menerima usulan untuk melistriki Desa Alang­alang Lebar, Kelurahan Kotaalam. Sehingga daerah tersebut tidak masuk proyek perluasan jaringan yang kini sedang dikerjakan. Menanggapi informasi yang disampai­ kan Bapak Joko Sumarno, berdasarkan hasil pengecekan petugas kami di Ka­ lianda, petugas tidak pernah menerima pengajuan permohonan aliran listrik dari Dusun Bangundana, Desa Bangun­ rejo, Kecamatan Ketapang. Oleh karena itu, kami menyarankan pelanggan untuk mengajukan proposal permohonan pasang baru langsung kepada PLN. Adapun tata cara pengajuan permoho­ nan aliran listrik perdesaan (desa yang masih murni atau yang belum ada tiang listrik yang berdiri atas dana swadaya masyarakat atau pun APBD): Kepala desa atau kepala dusun meny­ usun permohonan pasang baru warga.

Kemudian membuat surat dan pro­ posal permohonan, yang memuat per­ mohonan pasang baru warga, daya yang diajukan, jumlah calon pelang­ gan, fotokopi KTP warga, denah, dan lokasi desa. Surat dan proposal tersebut dikirimkan secara langsung kepada PLN ranting/rayon terdekat. Unit Pelaksana Konstruksi Kelistri­ kan (UPKK) Lampung kemudian akan melakukan survei lokasi desa yang akan dilistriki berdasarkan permohonan. Pelanggan hanya diwajibkan memba­ yar biaya penyambungan sesuai daya dan golongan tarif sebagai berikut. Golongan/Tarif Daya Biaya R1 450 337.500 R1 900 675.000 R1 1.300 975.000 R1 2.200 1.650.000 Kami sangat mengimbau dan berharap setiap anggota masyarakat membutuh­ kan penyambungan listrik agar datang langsung ke kantor pelayanan PLN terdekat tanpa melalui pihak lain atau perantara. Untuk informasi lebih lanjut seputar kelistrikan PLN, pelanggan dapat datang langsung ke kantor PLN terdekat. Di sana petugas kami siap melayani Anda. Menanggapi SMS Bapak Aan dengan nomor ponsel 085384452***, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak rasakan akibat pemadaman yang sering terjadi selama 1 minggu ini. Pemadaman disebabkan beberapa faktor yang mun­ cul secara beruntun dan di luar kendali PLN, yaitu adanya pohon tumbang yang menimpa jaringan, kerusakan isolator jaringan yang mengarah ke Liwa, dan pekerjaan pemeliharaan yang dilakukan Unit Pemeliharaan Transmisi (UPT) pada Rabu 11 Januari 2012. Pekerjaan pemeliharaan ini berlangsung selama sehari semalam, dan listrik kembali normal pada pukul 00.50 WIB. Namun, untuk beberapa daerah di Lampung Barat, keadaan benar­benar stabil pada Kamis pagi. Pekerjaan lanjutan untuk pe­ meliharaan kembali dilakukan oleh UPT pada Sabtu, 14 Januari 2012, sehingga pada hari tersebut listrik juga mengalami pemadaman. Kini kondisi kelistrikan di Lampung Barat dan sekitarnya sudah

kembali normal. Untuk informasi sepu­ tar kelistrikan di Lampung Barat, dapat menghubungi kantor PLN Rayon Liwa Jalan Jenderal Soeprapto, Desa Sebarus, Liwa, telp. (0728) 7004775, di sana petu­ gas kami siap untuk melayani Anda. Menanggapi SMS pelanggan dengan nomor ponsel 085279258149, kami mo­ hon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak/Ibu rasakan akibat pemadaman yang terjadi di Banjit dan sekitarnya. Pe­ madaman ini disebabkan cuaca ekstrem setiap menjelang malam hari seperti hu­ jan yang disertai angin kencang sehingga dahan/ranting pohon menempel pada jaringan. Pekerjaan pemeliharaan yang dilakukan Unit Pemeliharaan Transmisi (UPT) pada Rabu (11 Januari 2012) dan Sabtu (14 Januari 2012) juga merupakan salah satu penyebab terjadinya pemada­ man. Untuk informasi lebih lanjut sepu­ tar kelistrikan di Banjit, silakan Bapak/ Ibu melapor ke PLN Kantor Pelayanan Baradatu atau kantor PLN Rayon Blam­ bangan Umpu, Jalan Lintas Sumatera No. 53, Simpangempat, Way Kanan. Di sana petugas kami siap melayani Anda. Menanggapi SMS pelanggan dengan nomor ponsel 085269401857, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Perihal tegangan listrik yang kurang baik di wilayah Pramuka, petugas kami sudah menghubungi pelanggan dan mengecek langsung ke lapangan. Berdasarkan hasil pemeriksaan di lapangan, memang benar tiang dan kabel yang digunakan adalah yang berukuran kecil dan merupakan swadaya masyarakat. Untuk mengatasi kualitas tegangan yang kurang baik, kami akan melakukan penggantian tiang dan kabel dengan ukuran yang sesuai dengan standar yang dibutuhkan. Namun, hal tersebut membutuhkan waktu untuk proses pengadaan material. Oleh karena itu, kami mohon kesediaan para pelang­ gan untuk bersabar. Untuk informasi seputar kelistrikan di wilayah Pramuka, pelanggan dapat menghubungi call center 0721­123 atau datang langsung ke kantor PLN Rayon Way Halim di Jalan Sultan Agung Tirtayasa, Ruko Office Park, No. 12­15, Bandar Lampung. Di sana petugas kami siap melayani Anda. Demikian penjelasan ini disampaikan untuk dapat diketahui dan dengan tetap

memperhatikan keseimbangan infor­ masi. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih. Humas PT PLN Lampung

Surat Pernyataan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini; Nama : Ahmad Arif Ginting Pekerjaan : Swasta Alamat : Jl. Tuan Dipakeh II No. 1, Kel. Punge Blangcut, Kec. Jaya Baru, Banda Aceh Dengan ini menyatakan dengan sesungguh­sungguhnya bahawa tulisan saya “Aceh Dalam Mihrab Teror” yang dimuat dalam rubrik Opini di harian umum Lampung Post edisi Sabtu, 14 Januari 2012, merupakan plagiasi yang saya lakukan atas dua tulisan; Sensasi Kekerasan Pilkada (Serambi Indonesia, Senin 9 Januari 2012) tulisan Helmy N. Hakim dan Teror Membayangi Aceh (Serambi Indonesia, Rabu, 11 Januari 2012) tulisan Chairul Fahmi. Melalui rubrik Suara Pembaca ini saya meminta maaf yang sebesar­be­ sarnya kepada kedua penulis tersebut, harian Serambi Indonesia yang telah memuat kedua tulisan tersebut, juga kepada redaksi Lampung Post yang telah memuat tulisan saya tersebut. Dan, kepada Tuhan Yang Maha Esa saya memohon ampun. Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar­benarnya sebagai bentuk tanggung jawab saya kepada publik. Saya berjanji dengan sepenuh hati tidak akan mengulangi hal yang sama di masa yang akan datang. Hormat Saya Ahmad Arif Ginting Catatan Redaksi: Dengan penjelasan resmi Ahmad Arif Ginting di atas, Lampung Post juga meminta maaf kepada Helmy N. Hakim dan Chairul Fahmi. Redaksi Lampung Post tidak pernah membenarkan tindakan plagiasi karena selain melanggar undang­undang, secara etika profesi juga diharamkan seluruh media massa.

±

Kami membuka ruang keluhan, harapan, kritik, dan saran terhadap pelayanan umum, fasilitas publik, masalah sosial, atau kebijakan pemerintah dalam rubrik suara pembaca. Tanggapan Anda dapat dikirim via short message service (SMS) ke nomor 0815-405-9000 disertai nama dan alamat lengkap. Redaksi.

Syarat Kenaikan Gaji Dipersulit di BKD

Yth. Bapak Wali Kota Bandar Lampung, kami mengurus kenaikan gaji berkala banyak persyaratan sampai dua kali diminta oleh BKD. Berkas itu masuk ke BKD satu bulan yang lalu sebanyak 9 orang. Waktu zaman Wali Kota Eddy Sutrisno tidak seperti ini. Jadi mohon agar hal ini diperhatikan. Terima kasih. Para guru di Tanjungkarang Pusat 089631619312

Damai dan Sejahteralah Indonesiaku

Kita patut prihatin sekarang marak warga berunjuk rasa sampai membakar dan merusak bangunan pemerintah. Semoga semua cepat

terselesaikan dengan baik dan damai. Untuk Kabupaten Pringsewu semoga tetap aman, kondusif, damai, dan sejahtera. Untuk Indonesiaku, damailah selalu. Jo Harry Sumberagung, Pringsewu 085669778760

Benahi Ruas Jalan di Natar-Negerisakti

Yth. instansi yang terkait, mohon kebijakannya untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak, khususnya Natar—Negerisakti. Karena banyak jalan yang berlubang dan sangat mengganggu aktivitas masyarakat. Warga Natar 085284433855

Dua Tahun Tegangan Listrik Sangat Rendah

Yth. PLN Lampung, arus listrik di Silirsari, Labuhanratu 4, Kecamatan Labuhanratu, Lampung Timur, mohon diperhatikan karena sudah 2 tahun lebih kami hidup di bawah tegangan listrik yang sangat rendah. Kami sudah laporan ke pihak terkait, tapi sampai sekarang belum ada tanggapan. 085369587558

Jalan Kampungtua Mataram Ilir Hancur

Yth. Bapak Bupati Lampung Tengah, saya mohon jalan di Kampungtua Mataram Ilir diperbaiki karena sudah hancur parah. Dari tahun ke tahun tidak pernah diperbaiki.

Idris Dewa Lingga 085669993333

Segera Lantik Bupati Mesuji

Yth. Gubernur Lampung, tolong segera lantik bupati Mesuji. Kalau memang tidak, bagaimana solusi terbaiknya? Masalahnya, ini berpengaruh pada kinerja para pegawai di lingkungan Pemda, sehingga kami pegawai rendahan, kalau ada urus an yang berkaitan dengan karier kami, seolah-olah jadi bahan atau ajang untuk tidak melayani dengan baik. Mereka menilai sesuatu pekerjaan dengan uang, sedangkan kami mengurus ini dan itu dalam rangka mencari nafkah, bukan mau membayar mereka karena mereka sudah dibayar pemerintah. Kalau

hanya sekadar uang rokok, kami tak begitu keberatan. Racila, 082181935603

Perbaiki Jalan Muaragading Mas

Yth. Bupati Lampung Timur, tolong perhatikan kondisi jalan raya PPI Muaragading Mas Labuhanmaringgai. Kalau dulu kami ikut Kabupaten Lampung Tengah selalu bagus. Sekarang kok sudah bisa ditanami pohon pisang? Padahal, sentra ekonomi rak yat ada di Labuhanmaringgai, khususnya pelabuhan perikanan. A. Rozak M.G.M., 081369037380

Sertifikat Pelatihan Belum Diberikan Yth. Kepala Dinas Pendidikan

Provinsi Lampung, saya yang ikut pelatihan laboratorium kimia kok belum terima sertifikat? Mohon bantuannya. Terima kasih SMK Way Bungur 085669632464

Usut Dugaan Pungli Distamben

Yth. Bupati Lampung Tengah, Polres Lampung Tengah, dan Kejari Lampung Tengah, tahukah Bapak praktek pungli di Dinas Pertambangan dan Energi yang telah berjalan lama? Tidak ada perda dalam hal menarik uang dari perusahaan tambang maupun pemakai air bawah tanah dalam hal izin baru, daftar ulang, dan perpanjangan. Mohon pihak

terkait menyelidikinya. Ahmad Tabrani Jalan Raya Padangratu Lampung Tengah 087887115321

Penipuan Pelanggan PLN Lamtim

Penipuan pelanggan PLN di Lampung Timur, khususnya ranting Sribhawono. Bironya jelas tahu sebab yang memasang jaringannya orang yang suka memasang meteran PLN. Masak aparat PLN tidak tahu? Anda sangat tidak kasihan kepada rakyat kecil yang tidak mampu dan buta hukum. Kami dipermainkan seenaknya, mudah-mudahan segera selesai. 085384422716

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±

±

CMYK

KAMIS, 2 FEBRUaRi 2012 lampung post

±

Pariwara

CMYK

±

I 14

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±

± ±

± ±

CMYK CMYK

CMYK CMYK

Pendidikan

kamis, 2 februArI 2012 laMpunG poSt

I 15

Dokter Cilik

LINTAS

Unila Inisiasi Kurikulum Iklim

Gebyar SDIT Permata Bunda Tanggamus

± ±

KOTAAGuNG—Usia lahir sampai dengan memasuki pendidikan dasar (TK dan PAUD) merupakan masa keemasan sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidupan manusia. Sebab, pada masa ini pembentukan karakter dan aktualisasi jati diri yang akan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Masa ini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan fisik, bahasa, sosial, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Oleh karena itu, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Permata Bunda Tanggamus turut serta mewujudkan hal tersebut lewat pendidikan. Dalam rangka memperingati hari jadinya, SDIT Permata Bunda akan menggelar Gebyar Sekolah dengan tema Warnai hari, ukir prestasi, wujudkan generasi qurani di Jalan Camar No. 32 Terbaya, Kotaagung, Minggu (12-2), kata Kepala SDIT Permata Bunda Tanggamus Muhammad Solekhun dalam siaran persnya, Rabu (1-2). (RlS/S-2)

(Unila) menjadi perguruan tinggi di indonesia yang menginisiasi terbentuknya kurikulum pendidikan dan perubahan iklim dalam sistem pendidikan nasional.

PONTIANAK—Siswa SMK Negeri 1 Singkawang tengah mengembangkan mesin absen menggunakan sidik jari dengan memanfaatkan beragam barang bekas yang ada di lingkungan sekitar. “Selain mesin absen sidik jari, juga tengah dikembangkan pemanfaatan pengatur lampu secara otomatis dengan target kalangan perkantoran maupun sekolah agar penggunaan listrik lebih efisien,” kata Humas SMK Negeri 1 Singkawang, Najimi, Selasa (31-1). Sedangkan untuk merakit mobil, Kepala Bengkel Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Singkawang Wawan Prasetyo optimistis siswanya mampu melakukan hal itu karena mereka sudah melaksanakan praktek bongkar pasang mesin mobil. Najimi menambahkan pihaknya selama ini menggali kreativitas anak didik dengan memanfaatkan limbah menjadi alat yang berdaya dan tepat guna sesuai kebutuhan dan potensi yang ada di Kota Singkawang. “Kreativitas siswa SMK Negeri 1 Singkawang sebenarnya tidak kalah jika dibandingkan dengan para siswa SMK di Pulau Jawa,” kata dia. (ant/S-3)

KebudAYAAN

± ±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Geografi keratuan atau persekutuan adat di Pemanggilan yang meliputi wilayah Dataran Tinggi Sekala Brak (Ranau dan Lereng Gunung Pesagi) sampai kini masih diakui sebagai tempat asal suku Lampung. Wilayah ini dikenal dengan sebutan Keratuan Paksi Pak Sekala Brak karena di dalamnya terdapat empat keratuan atau persekutuan adat yang saling independen, yaitu Keratuan Buay Pernong, Keratuan Buay Belunguh, Keratuan Bejalan Di Way, dan Keratuan Buay Nyerupa. Namun, sejauh ini bagaimana asal serajah keberadaan ke ratuan dan bukti apa saja (senjata pusaka, benda pusaka, plakat, maupun tambo) belum diketahui secara detail. Sehubungan dengan itu, Program Studi Pendidikan Sejarah

FKIP Unila bekerja sama dengan Pemprov Lampung menggelar Seminar dan Dialog Sejarah dan Budaya Lampung dengan tema Paksi Pak Sekala Beghak. Seminar dalam rangka hari jadi ke-44 FKIP Unila tersebut mengambil subtema Menapak jejak muasal dan menguntai sinergi mengawal adat budaya Lampung. Seminar akan dilaksanakan hari ini (2-2) di aula FKIP dan dibuka Asisten III Bidang Kesra Rellyani. Juga hadir Rektor Unila Sugeng P. Harianto. Dekan FKIP Unila Bujang Rahman mengatakan Seminar dan Dialog Budaya Lampung ini akan menghadirkan keturunan langsung dari Kerajaan Sekala Brak yakni dari Keratuan Buay Pernong, Keratuan Buay Belunguh, Keratuan Bejalan Di Way, dan Keratuan Buay Nyerupa. (tRI/S-2)

AKAdemI KePerAwATAN

Tingkatkan Akreditasi

± ±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Akademi Keperawatan (Akper) Bunda Delima Bandar Lampung bertekad menjadi institusi pendidikan keperawatan terdepan di Lampung. Bahkan, kini tengah menyiapkan akreditasi. Tekad tersebut disampaikan Ketua Yayasan Pendidikan Bunda Delima Rumyati Syahrul saat peresmian pemakaian seragam dan atribut keperawatan (capping day) 98 mahasiswa Akper Bunda Delima angkatan ke-18 di Gedung Pertemuan Golkar, Bandar Lampung, Rabu (1-2). Untuk mewujudkan hal tersebut, ujar Rumyati, Akper Bunda Delima secara bergulir meningkatkan sistem pembelajaran dan kurikulum serta sarana dan fasilitas fisik. Baik itu peningkatan pendidikan dosen, laboratorium, perpustakaan, hingga

lahan praktek mahasiswa. Kurikulum juga mengacu kurikulum nasional ditambah muatan lokal yang berorientasi kepada penyiapan peserta didik agar siap bersaing di pasar kerja. “Kami mendidik mahasiswa agar menjadi perawat profesional dengan berwawasan internasional,” kata dia. Pihaknya kini telah menyiapkan diri memperoleh akreditasi A dari BAN PT Dikti, Departemen Pendidikan Nasional. “Kendati Akper Bunda Delima saat ini sudah mendapat akreditasi B, kami akan tingkatkan menjadi akreditasi A,” kata Rumyati dalam acara yang dihadiri Wakil Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Lampung N.S. Gustop Amatiria dan Bambang Purwanto dari Dinas Kesehatan Lampung. (aSt/S-2)

n antaRa

Mendiknas Mohammad nuh berbincang dengan para pemenang kompetisi Dokter Kecil Mahir Gizi di Jakarta, Senin (30-1) lalu. Mereka menjadi juara melalui edukasi kesehatan dengan permainan ular tangga dalam kompetisi kerja sama nestle Dancow, perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (pDGMI), serta Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.

SNmPTN uNdANGAN

MKKS SMA Sosialisasi ke Sekolah BANDAR LAMPUNG (Lampost): Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan mulai disosialisasikan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA se-Kota Bandar Lampung. “Kami mengundang Muhammad Komarudin dari Universitas Lampung untuk lebih detail menjelaskan tentang SNPMTN undangan tahun ini,” kata Ketua MKKS SMA Bandar Lampung Sobirin, Rabu (1-2). Menurutnya, agar seluruh sekolah memperoleh informasi yang benar, tepat, dan akurat terhadap pelaksanaan SNMPTN undangan, maka MKKS SMA se-Bandar Lampung mengundang SMA, SMK, hingga MA negeri dan swasta di

CMYK CMYK

YP Unila, Tanjungkarang. Dalam pemaparannya, Komarudin menerangkan jalur undangan adalah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis dan/ atau keterampilan. Jalur undangan ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat. Selanjutnya, sekolah yang berhak mengikuti jalur undangan adalah sekolah yang diundang Panitia SNMPTN. Sekolah yang belum masuk dalam daftar undangan dapat mengajukan permohonan resmi kepada Ketua Panitia SNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah. Kom a r ud i n menjel a ska n pendaftaran berlangsung sejak 1 Februari hingga 8 Maret 2012.

Seleksi akan dilakukan pada 9—15 Mei dan pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 25 Mei. Menurut Komarudin, SNMPTN jalur undangan tahun ini tidak berbeda dari tahun tahun lalu. “Yang berbeda hanya jumlah program studi yang dapat dipilih. Jika dulu setiap peserta dapat memilih enam, tahun ini hanya dua dari dua universitas yang dipilih,” ujarnya. Siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh kepala sekolah masing-masing. Sekolah yang berhak mengikuti jalur undangan adalah SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta yang terakreditasi oleh BAN-SM atau lainnya dan/atau terdaftar pada basis data SNMPTN 2011. (MG1/S-2)

KArYA ILmIAH

Jurnal IAIN Terakreditasi Nasional

n laMpunG poSt/MG4

KerJA SAmA LembAGA . Kepolisian Daerah lampung menandatangani kerja sama dengan Institut agama Islam negeri (IaIn) Raden Intan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat, serta penegakan hukum. Kerja sama ditandatangani di kampus setempat, Rabu (1-2).

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Jurnal ilmiah IAIN Raden Intan, Analisis: Jurnal Studi Keislaman, terakreditasi nasional pada November 2011. Jurnal ini merupakan salah satu dari 15 jurnal Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) seluruh Indonesia yang terakreditasi. Pembantu Rektor III IAIN Raden Intan M. Afif Anshori, Rabu (1-2), mengatakan keberadaan dan status jurnal di suatu perguruan tinggi merupakan salah satu indikator untuk menilai kualitas perguruan tinggi tersebut. Dia mengatakan pengakuan jurnal ilmiah tertuang dalam Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 81/ DIKTI/Kep/2011 dan dikeluarkan pada November tahun lalu. “Sudah seharusnya setiap perguruan tinggi memiliki jurnal yang terakreditasi,” kata Afif.

± ±

± ±

BaNDaR LamPUNG (Lampost): Universitas Lampung

SMKN Singkawang Kembangkan Absensi Sidik Jari

Mengupas Jejak Adat Budaya Lampung

± ±

Jurnal memuat kumpulan informasi terbaru, hasil dari sebuah kajian ilmu, dan rekomendasi. Karya ilmiah yang diterbitkan dalam bentuk jurnal merupakan bentuk publikasi ilmiah yang memuat hasil kegiatan bidang keilmuan tertentu, baik berupa hasil pengamatan empirik maupun kajian konseptual. Sedang tema yang diangkat merupakan isu-isu aktual yang ditinjau dari sudut pandang agama Islam dan ditulis oleh para pakar serta dosen dari berbagai perguruan tinggi. Para dosen atau guru besar yang ingin naik golongan dapat mengirimkan karya ilmiahnya ke jurnal yang sudah terakreditasi secara nasional. “Angka kredit yang didapat jika tulisannya dimuat di jurnal terakreditasi adalah 25 poin. Se-

± ±

dangkan jika dimuat pada jurnal yang belum terakreditasi hanya mendapatkan 10 poin,” kata Afif. Setelah terakreditasi, jurnal Analisis yang terbit dua kali dalam setahun ini dicetak di Yogyakarta. Menu r ut d ia, konsistensi pencetakan dan layout jurnal adalah beberapa hal yang menjadi pertimbangan dan penilaian dalam akreditasi suatu jurnal. Penulis jurnal yang telah terakreditasi juga biasanya berbeda dengan penulis jurnal yang belum terakreditasi. “Waktu jurnal Analisis belum terakreditasi, penulis adalah penulis lokal,” kata Afif. Menurut dia, jurnal yang sudah dicetak tersebut tidak untuk diperjualbelikan, tetapi didistribusikan ke berbagai PTAI di Indonesia secara gratis. (MG4/S-3)

“Bandar Lampung menjadi kota pertama di Indonesia yang akan menerapkan kurikulum ketahanan perubahan iklim yang berdampak bagi lingkungan. Unila akan menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang menginisiasi terbentuknya kurikulum ini,” kata Koordinator Program Pemberdayaan dan Peningkatan Kapasitas Guru dalam Ketahanan Kota terhadap Perubahan Iklim di Bandar Lampung Maulana Mukhlis kemarin. Untuk kegiatan ini, Unila bekerja sama dengan Mercy Corps dalam program Asian Cities Climate Change Resilience Network (ACCCRN) mengenai ketahanan kota terhadap perubahan iklim. Maulana memaparkan program ini diikuti empat negara di Asia Tenggara, meliputi Indonesia, Vietnam, India, dan Malaysia. Di Indonesia hanya dua kota yang terpilih, yakni Bandar Lampung dan Semarang. Periode program akan berlangsung selama tiga tahun, mulai Januari 2012 hingga Desember 2014. Menurut dia, Unila sebagai lembaga yang menginisiasi program menilai pendidikan merupakan cara paling efektif untuk mengubah perilaku masyarakat terhadap kesadaran lingkungan. Kesadaran bisa dimulai dari anakanak sekolah dan penyampaian materi hanya bisa dilakukan oleh para guru di sekolah. “Maka untuk tahun pertama program ini kami akan melatih guru di empat sekolah terpilih sebagai proyek percontohan. Sebelum program dijalankan, kami terlebih dahulu menyusun modul pendidikannya, kemudian diimplementasikan ke sekolah melalui mata pelajaran,” kata Maulana, Rabu (1-2). Menurut Maulana, modul disiapkan dengan konsep kurikulum yang terintegrasi. Artinya, kurikulum tidak akan menambah jumlah mata pelajaran maupun jam bela-

jar siswa di sekolah. Materi akan disisipkan pada mata ajar yang sudah ada sehingga tidak akan menambah beban belajar siswa. Untuk tingkat sekolah dasar, kurikulum akan disisipkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),

‘‘

pendidikan merupakan cara paling efektif untuk mengubah perilaku masyarakat terhadap kesadaran lingkungan.

dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sementara untuk tingkat SMP akan dipadukan pada mata ajar IPA dan IPS Terpadu. Maulana menambahkan kurikulum lebih banyak mengedepankan praktek ketimbang teori. Nantinya di setiap sekolah akan dibentuk kelompok-kelompok kerja (pokja), seperti pokja kompos, kebersihan, pertanian, energi, jumantik, bencana, penghijauan, dan biopori. Saat ini, lanjut Maulana, Unila sedang menyusun modul dan menentukan kriteria empat sekolah yang akan dijadikan sekolah percontohan. Setelah modul selesai disusun, materi akan langsung diterapkan di empat sekolah tersebut dengan terlebih dahulu meningkatkan kapasitas dari setiap guru di sekolah tersebut. “Jika penerapan kurikulum ini berhasil di empat sekolah tersebut, diharapkan modul ini juga akan diterapkan di sekolah pendidikan dasar di seluruh Lampung sehingga menjadi acuan bagi penerapan kurikulum pendidikan lingkungan di Indonesia,” kata dia. (MG1/S-2)

± ±

KerJA SAmA LembAGA

Mahasiswa KKN ke Daerah Rawan Konflik BANDAR LAMPUNG (Lampost): Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Bandar Lampung yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) akan dikirim ke daerah yang berpotensi rawan konflik. Para mahasiswa diharapkan dapat membantu pihak kepolisian menciptakan perdamaian di daerah rawan konflik tersebut. “Kalau mahasiswa yang memberi imbauan biasanya lebih didengarkan masyarakat ketimbang kami,” kata Direktur Pembinaan Masyarakat Kepolisian Daerah Lampung Kombes Pol. Sumarjiyo, pada acara penandatanganan nota kesepahaman antara Kepolisian Daerah Lampung dan IAIN Raden Intan yang diwakilkan Sumarjiyo (Polda) dan Rektor IAIN M. Mukri di kampus setempat, Rabu (1-2). Kedua pihak sepakat mengadakan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat serta penegakan hukum. Dasar kerja sama ini adalah UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan UU No. 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Nota kesepahaman tersebut berlaku selama 5 tahun. Kesepakatan ini merupakan realisasi program pembangunan kemitraan antara kedua pihak. Tujuannya meningkatkan penyelenggaraan pendidikan, pengajaran, penelitian, sampai penegakan hukum bagi masyarakat.

“Dengan dasar pendidikan agama yang kuat, mahasiswa bisa mendapat kepercayaan dari masyarakat,” kata Sumarjiyo. Di waktu yang akan datang, ia mengatakan akan bekerja sama dengan universitas lain seperti Unila. Menurut dia, jika kepercayaan sudah terbentuk, komunikasi dengan masyarakat menjadi lebih efektif. Daerah prioritas yang dianggap memiliki potensi konflik tinggi dan menjadi tujuan pengiriman mahasiswa KKN tersebut, yaitu Lampung Timur, Lampung Selatan, Lampung Utara, dan Mesuji. “Saya ingin menjadikan hal ini sebagai pilot project,” kata dia. Sementara itu, Mukri mengatakan para mahasiswa KKN tersebut akan melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat, sambil mengimbau jika terjadi suatu masalah hendaknya diselesaikan dengan musyawarah mufakat. Masalah horizontal yang terjadi di Lampung saat ini kental dengan nuansa SARA yang sangat sensitif dan berbahaya. “Mahasiswa diturunkan ke masyarakat untuk memberikan pencerahan,” kata Mukri. Harapan diturunkannya mahasiswa KKN ini mampu mengubah masyarakat di daerah konflik menjadi lebih toleran dan terbuka. Da la m not a kesepa ha ma n ini juga diatur kerja sama bidang keamanan dan ketertiban masyarakat, salah satunya mahasiswa melakukan sosialisasi di bidang penegakan hukum kepada masyarakat. (MG4/S-2)

CMYK CMYK

± ±

± ±

±

±

CMYK

Hiburan

KamiS, 2 Februari 2012 lampung post

info fiLM

I 16

Paramitha Rusady Luncurkan Album

‘TerminaTor 5’

± Untuk

±

CMYK

Penonton Dewasa

±

Lama tak mendengar suara Paramitha Rusady di panggung hiburan, kini wanita berparas cantik itu tengah bersiap meluncurkan album terbarunya. Ya, setelah sekian lama vakum dari dunia tarik suara, ternyata diam-diam Paramitha sudah menyiapkan sebuah album.

PEMILIK hak paten Terminator, Megan Ellison, memberikan sedikit bocoran tentang Terminator 5 yang bakal dirilis. Film tersebut sepertinya akan menampilkan adegan pertempuran yang lebih “brutal”. Pada seri keempat film tersebut, Terminator Salvation mendapatkan rating PG-13 atau untuk remaja. Beberapa pihak sempat mengkritik bahwa film tersebut terlalu “halus” untuk film aksi. Bahkan ada yang mengatakan adegan ledakan Terminator Salvation terlihat bodoh. Mungkin dengan pertimbangan tersebut, Megan dan sang produser James Cameron memutuskan untuk menaikkan rating Terminator 5. “Saya belum bisa memberitahu kalian apa pun tentang Terminator, tetapi film ini akan memiliki rating R (dewasa) seperti yang Tuhan dan James Cameron kehendaki,” tulis Megan dalam akun Twitter-nya seperti dilansir movieweb, Selasa (31-1). Annapurna Picture telah mengeluarkan 20 juta dolar AS atau sekitar Rp177 miliar untuk memperoleh hak waralaba Terminator selama Festival Film Cannes 2011 lalu. Tetapi, masih belum jelas kapan film tersebut akan diproduksi. Bahkan Megan belum menyewa penulis untuk membuat skenario. Ia masih mencari sutradara untuk menggantikan Justin Lin yang sibuk menggarap Fast and Furious 6. Jika pada 2018 nanti proses syuting Terminator 5 belum dimulai, hak waralaba film tersebut akan kembali pada James Cameron yang menyutradarai dan merilis Terminator pada 1984 silam. (DtC/s-2)

Paramitha Rusady lahir di Makassar, 11 Agustus 1966. Darah seni dari sang ibu Raden Ayu Marry Zumarya dan ayah Raden Mas Yus Rusady Wirahaditenaya rupanya mengalir membentuk talenta seni Paramitha Rusady. Mitha berkembang dalam keluarga yang amat menggandrungi kesenian. Ibunya seorang guru tari dan sering menggelar drama. Pada usia 6 tahun, Mitha kecil sudah ikut berperan sebagai Pinkan cilik dalam film dokumenter Di Bawah Nyiur Melambai yang dibuat rumah produksi milik ibunya sendiri. Selama periode sekolah menengah, Mitha banyak ikut menjadi backing vocal grup pimpinan kakaknya, Ully Sigar Rusady. Pada 1985, tepatnya selepas SMA, ia mendapat tawaran main film RanjauRanjau Cinta dengan lawan main Rano Karno dan sutradara Nasrie Chepy. Dari situ beberapa film layar lebar kemudian

n KapanlagI

dibintanginya. Namanya segera meroket. Tapi ketika produksi perfilman Indonesia surut, Mitha segera banting

stir menekuni sinetron sambil tetap mengembangkan minatnya di bidang tarik suara. (DtC/s-2)

Film ‘The Grey’

unGu

BAND Ungu bakal meluncurkan album full dalam bahasa Inggris. Album itu bertajuk I Need You. “Ini pertama kali lagu kami yang full bahasa Inggris. Ini seperti bermain kata-kata,” ujar vokalis Ungu, Pasha, ditemui saat syuting videoklip di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Selasa (31-1) malam. Lagu tersebut p u n dipilih sebagai single baru Ungu karena punya nuansa yang riang. Menurut Pa-

Diprotes Pencinta Binatang

DaviD beckham

Garap Album Berbahasa Inggris

±

A

lbum ini proses penggarapannya sangat lama. Sekarang sudah jadi, tapi kalau mau rilis pasti deh terbentur dengan jadwal sinetron stripping saya,” kata Paramitha saat ditemui usai acara Cerita Cinta di MNC TV, Jalan Pintu II, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Selasa (1-2) dini hari. Sayangnya, wanita yang akrab disapa dengan nama Mitha itu enggan membeberkan tentang isi materi yang ada di album terbarunya. Yang jelas, dalam album itu berisikan puisi-puisi hasil karyanya selama ini. “Pokoknya nanti kejutan deh. Kalau dibilangin sekarang enggak kejutan lagi dong?” ujarnya. Dalam albumnya nanti Mitha belum juga mengajak musisi untuk berduet. Meskipun demikian, ia mengaku tetap bangga akan kemajuan industri musik Indonesia.

sha, cerita lagu tersebut sangat sederhana dengan lirik yang juga tak kalah sederhana. Mereka pun menunjuk sutradara Upi untuk menggarap videoklipnya. Konsepnya dibuat dengan menggabungkan futuristik dan alam. “Kami seperti tinggal di hutan tapi kami tinggal di dalam ruangan yang modern dengan dikelilingi nuansa yang asri,” kata Pasha. Vokalis Ungu ini pun sedang dirundung kebahagiaan pascakelahiran anaknya dengan pasangan barunya, Adela. Meskipun bukan anak pertama bagi Pasha, ia merasakan kebahagiaan luar biasa. (DtC/s-2)

n KapanlagI

Jadi Pria Terseksi Versi ‘Heat’ MESKIPUN usianya telah menginjak 36 tahun, pesona David Beckham belum juga pudar. Ia baru saja dinobatkan sebagai Pria Paling Seksi di Bumi oleh majalah Heat, mengalahkan aktor Ryan Gosling dan Ryan Reynolds. “Dia punya talenta, gaya, daya tarik seks, karisma. Wanita memujanya, pria ingin menjadi dirinya, dan kami benar-benar senang bahwa dia telah menduduki puncak jajak pendapat kami,” ujar editor majalah Heat, Lucie Cave, seperti dilansir Aceshowbiz, Rabu (1-2). Bergabung bersama Bechkam di lima besar pria terseksi adalah Bradley Cooper dan Jake Gyllenhaal. Sosok terkenal lainnya adalah bintang Twilight Robert Pattinson, bintang The Dark Knight Rises Tom Hardy, George Clooney, dan Adam Levine. Daftar 25 Pria Tersek si d i Bu m i disusun berdasarkan pilihan seribu pembaca dan panel ahli, seperti premier model Carole White, fotografer Nick y Joh n ston, da n e d itor s t y l e maja la h He a t Jo Hoare. (DtC/s-2)

±

n reuters

FILM thriller yang dibintangi Liam Neeson, The Grey, langsung berada di peringkat atas box office Amerika Utara di pekan pertama pemutarannya. Meskipun debut film tersebut berjalan cukup sukses, The Grey mendapat protes dari pencinta binatang. People for The Ethical Treatment of Animals (PETA) menganggap penggambaran hewan serigala dalan film karya sutradara Joe Carnahan itu tidak tepat. Menggambarkan serigala sebagai hewan yang haus darah, dikhawatirkan mengakibatkan pemburuan serigala dalam skala besar. “Penulis menggambarkan segerombolan serigala Alaska sebagai monster haus darah,

membunuh setiap manusia korban kecelakaan pesawat,” tulis PETA dalam pernyataannya yang merujuk pada adegan film tersebut. Sementara itu, The Wolf Conservation Center mencoba menjelaskan sifat alami dari serigala. “Pada kenyataannya, serigala liar itu pemalu dan sukar dipahami,” demikian informasi yang didapat dari situs resmi mereka. Sang sutradara, Joe Carnahan, merespons protes tersebut dengan memberi penjelasan bahwa filmnya berkisah tentang perjalanan seorang pria yang memiliki insting bertahan hidup. The Grey tayang di bioskop AS pada 27 Januari lalu, dan meraup 12 juta dolar AS. (DtC/s-2)

ACARA TELEVISI 08.05 8 Eleven Show 12.05 Metro Siang 13.05 Oasis 13.30 Jakarta Jakarta 14.05 Metro Xin Wen 15.05 Bisnis Hari Ini 15.30 Public Corner 16.05 Discover Indonesia 16.30 Metro Realitas 19.05 Suara Anda 19.30 Managing The Nation 20.30 Genta Demokrasi 23.05 Inside 23.30 Metro Sports

±

±

07.00 Musik: SL Inbox 09.03 Halo Selebriti 10.00 FTV Pagi: I Left My Heart In Bangka 12.00 SL Liputan 6 Siang 12.30 FTV Siang: Pembantu Cantik itu Pacarku 14.30 Status Selebriti 15.00 Uya Emang Kuya 16.03 Jebakan Betmen New 17.00 SL Liputan 6 Petang 17.30 Serial Istimewa: Anak Kaki Gunung 18.30 Serial Istimewa: Garuda Impian 19.30 Sinetron: Aliya

CMYK

21.30 Film Layar Lebar: Tarix Jabrix 3 22.30 Liputan 6 Terkini 23.30 FTV Utama: Bisik-Bisik Cinta di Garut

23.30 Mega Asia: Conman In Tokyo Alkisah, setelah mengalahkan seorang penjudi ulung (Leung Ka Yan), Jersey (Nick Cheung) memproklamirkan dirinya sebagai Raja Judi Hong Kong, apalagi tidak ada penjudi lain yang dapat mengalahkannya. Walaupun begitu, ia tahu sebenarnya ada penjudi lain yang lebih hebat darinya, yaitu Cool (Louis Koo).

Cool telah melegenda di dunia judi dengan kemampuan bermain judi dan menggunakan kartu sebagai senjata terbang mematikan. Namun, Cool telah menghilang dari Hong Kong pada tiga tahun lalu setelah pertandingan judi dengan penjudi Jepang tanpa penjelasan, dan hingga kini tidak diketahui jejaknya. Atas bujukan gencar dari kekasihnya, Banana (Christy Chung), Jersy dan Banana pun pergi berlibur ke Tokyo, Jepang.

06.00 Go Spot 06.45 Si Doel Anak Sekolahan 07.45 Dahsyat 11.00 Intens 12.00 Seputar Indonesia Siang 12.30 Sinema Siang 14.30 Kabar Kabari 15.30 Hebad 16.15 TOP 5 17.30 SILET

08.00 Naruto 09.30 Obsesi 10.30 Abdel & Temon Bukan Superstar 11.30 Hot Spot 12.00 Awas Ada Sule: Prikitiew 13.00 Main Kata 14.00 Steve Ewong Sang Pemburu 14.30 Deni Manusia Ikan 15.00 Hand Made 15.30 Berita Global 16.00 Top Banget

04.00 Assalamu’alaikum Ustadz 04.30 Seputar Indonesia Pagi

05.00 Dora The Expoler 05.30 Chalkzone 06.00 Spongebob Squarepants

10.00 Spotlite 11.00 Warna 11.30 Redaksi Siang

±

12.30 Si Bolang 13.00 Laptop Si Unyil 14.00 Dunia Air 14.30 Ayo Menyanyi 15.00 Koki Cilik 15.30 Asal Usul Flora 16.00 Jejak Petualang 17.30 Orang Pinggiran 18.00 Wara Wiri 18.30 Hitam Putih 19.30 On The Spot Malam 20.00 Opera Van Java 22.00 Bukan Empat Mata 23.30 (Masih) Dunia Lain

±

Sewaktu-waktu acara tv dapat berubah.

CMYK

±

–

–

CMYK

Nasib Pengprov PSSI Lampung masih menunggu hasil rapat Executive Committee (Exco) 3 Februari mendatang. HAL 18

Absen di sesi perdana, Casey Stoner langsung menunjukkan taji dengan menjadi yang tercepat di hari kedua. HAL 18

CMYK

Olahraga

KAMIS, 2 FEBRUARI 2012 LAMPUNG POST

–

I 17

PENAMPILAN

Kesempatan Torres di Chelsea Tinggal Tunggu Waktu

–

LONDON (Dtc/Lampost): Andre Villas-Boas selama ini selalu membela Fernando Torres yang masih seret bikin gol. Namun, dengan dia tak kunjung menunjukkan ketajaman dan Didier Drogba segera kembali bermain, waktu buat El Nino unjuk gigi disebutnya makin sempit. Torres kembali gagal bikin gol saat Chelsea ditahan imbang 1-1 Swansea. Catatan terse-

but membuat striker internasional Spanyol itu sudah 1.074 menit tak menjebol gawang lawan, setelah yang terakhir ke gawang Genk 19 Oktober lalu di ajang Liga Champions. Ketidakmampuan Torres bikin gol kini sepertinya mulai mengikis kesabaran Villas-Boas. Saat dia dapat banyak kesempatan bermain, seiring telah perginya Nicolas Anelka dan Didier Drogba yang tengah tampil di Piala Afrika,

gol yang ditunggu tak kunjung datang. “Dua pemain berkompetisi untuk merebut posisi striker dan kita semua tahu seberapa signifikannya Didier untuk tim ini dan catatan yang sudah dia buat. Kami akan melihat kondisi fisiknya saat dia kembali, tapi tak ada yang meragukan ambisinya memenangi trofi bersama kami musim ini,” kata Villas-Boas di TheSun.

–

Drogba diperkirakan akan kembali dari Piala Afrika pada 13 Februari mendatang. Dan seperti dikatakan Villas-Boas, jika kondisi fisiknya memungkinkan, striker Pantai Gading itu akan bisa langsung jadi pilihan utama lagi. “Bersama Torres, situasinya tidak berubah. Kami tetap percaya pada para pemain, tapi dia terus menggunakan waktu yang dia miliki,” kata pria asal Portugal itu. (O-2)

PIALA AFRIKA

Gabon Kuasai Grup C

MU Samai Jumlah Poin City MANCHESTER (Lampost/Dtc): Persaingan Manchester City dan Manchester United di papan atas klasemen Liga Primer kembali memanas. Poin keduanya kini sama di angka 54.

–

mun, statistik di atas tak cukup menghasilkan poin buat City. Satu-satunya gol Everton tercipta Gibson di babak kedua lewat serangan balik. Wa laupun tida k memengaruhi posisinya sebagai penguasa klasemen sementara, poin 54 yang dikumpulkan City disamai MU. Everton di peringkat kesembilan dengan 29 angka. Hasil positif juga diraih peringkat ketiga Tottenham Hotspurs. Menjamu Wigan Athletic di White Hart Lane, The Lilywhite menang 3-1. Spurs membuka skor pada menit ke-29 lewat kaki Gareth Bale yang menuntaskan umpan Luka Modric. Tak mau ketinggalan dengan Bale, gelandang Kroasia itu turut mencatatkan namanya di papan skor dengan mencetak gol kedua Spurs. Bale mencetak gol keduanya pada laga ini di menit ke-64. Satu-satunya gol Wigan tercipta 10 menit sebelum laga berakhir melalui James McArthur yang menuntaskan operan Victor Moses untuk menjebol gawang Brad Friedel. Dengan kemenangan ini, Spurs masih menghuni peringkat ketiga klasemen dengan 49 poin dari 23 laga. Mereka terpaut lima angka dari Manchester City dan Manchester United. Wigan di posisi buncit dengan 15 poin. Sementara Chelsea harus puas dengan satu angka kala bertamu ke markas Swansea City di Liberty Satdium. Tuan rumah unggul dulu di babak pertama lewat gol eks pemain muda Chelsea, Scott Sinclair. Jose Bosingwa tampil sebagai pahlawan setelah penetrasinya di masa perpanjangan waktu memaksa Neil Taylor melakukan gol bunuh diri. Kesialan T he Blues bertambah dengan dikeluarkannya Ashley Cole di menit-menit akhir. Hasil imbang ini tak mengubah posisi Chelsea di peringkat keempat dengan raihan 42 poin, sedangkan Swansea di peringkat ke-13 dengan 27 poin. (LUG/O-1)

Keberhasilan Setan Merah menyamai poin seterunya itu tidak lepas dari kekalahan yang dialami seterunya. MU mampu meng atasi perlawa na n Stoke City 2-0 lewat eksekusi penalti, sementara City takluk 0-1 dari tuan rumah Everton oleh gol Darron Gibson yang notabene pemain yang baru didatangkan dari The Red Devils. Dengan tambahan tiga angka, MU kini memiliki poin 54, setara dengan City yang untuk sementara masih berhak duduk di pucuk klasemen berkat keunggulan produktivitas gol.

‘‘

Persaingan menuju gelar Liga Primer kembali memanas setelah Manchester United menyamai poin Manchester City.

Menjamu Stoke di Old Trafford, Rabu (1-2) dini hari WIB, MU mendapat penalti pertama usai Park Ji Sung dilanggar Jermain Pennant di kotak terlarang. Javier “Chicharito” Hernandez yang menjadi eksekutor sukses membuka keunggulan Setan Merah. Sedangkan penalti kedua tercipta setelah Antonio Valencia ditarik badan oleh Walters dan sukses dituntaskan Dimitar Berbatov. Hasil berbeda harus diterima City saat melawat ke markas Everton di Goodison Park. Tampil dominan sepanjang laga, The Citizens takluk 0-1. Statistik Soccernet mencatat mereka mendominasi penguasaan bola hingga 68% dan melepaskan 21 tembakan. Na-

–

„ REUTERS/EDDIE KEOGH

POTONG UMPAN. Bek Tottenham Hotspur Younes Kaboul (kanan) sambil melompat memotong umpan bola ke arah pemain Wigan Athletics Franco di Santo pada laga lanjutan kompetisi Liga Primer Inggris yang berlangsung di White Hart Lane, London, Rabu (1-2).

FRANCEVILLE (Dtc/Lampost): Gabon memenangi persaingan perebutan penguasa grup C Piala Afrika 2012 dengan Tunisia. Kemenangan 1-0 di laga terakhir pertemuan kedua tim memastikan Gabon sebagai juara grup dan Tunisia menjadi runner up untuk lolos ke perempat final. Mengawali laga di Stade de Franceville, Rabu (1-2), Gabon dan Tunisia sudah dipastikan lolos ke perempat final setelah keduanya mengemas dua kemenangan di laga sebelumnya. Pertarungan dua penguasa grup C itu berjalan sengit terbukti dari skor kacamata yang bertahan hingga babak pertama usai. Gabon yang mendapatkan dukungan penuh suporternya akhirnya mampu unggul saat laga memasuki menit ke-62. Gol itu dicetak penyerang mereka yang mengenakan nomor punggung 9, Pierre Aubameyang. Meskipun kedua tim saling menciptakan peluang, tidak ada lagi gol yang tercipta hingga peluit tanda pertandingan berakhir dibunyikan. Gabon pun memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0. Dengan hasil ini, keduanya berhak melaju ke perempat final yang akan dihelat pada 5 Februari mendatang. Gabon sebagai juara grup akan bertemu runner-up grup D, sedangkan Tunisia yang duduk di peringkat kedua akan bertemu sang juara grup. Pada laga lainnya, Maroko akhirnya mampu meraih kemenangan pertama di ajang Piala Afrika. Di laga ketiganya Maroko unggul tipis 1-0 atas Niger. Bermain di Stade d’Angondje, gol semata wayang dari Younes Belhanda yang tercipta di menit ke-79 mengantarkan Maroko menempati peringkat ketiga dengan perolehan tiga angka. Niger yang belum sekalipun meraih hasil kemenangan harus puas mengakhiri turnamen kali ini tanpa mengoleksi sebiji poin pun. Tim debutan di Piala Afrika itu juga memiliki selisih gol minus karena baru mencetak satu gol dan gawang mereka kebobolan lima gol sepanjang tiga kali bermain. (AP/MI/O-2)

NBA

Lakers Masih Terlalu Tangguh bagi Bobcats LOS ANGELES (Dtc/Lampost): Los Angeles Lakers mendapatkan kemenangan mudah atas Charlotte Bobcats. Bertanding di hadapan publik sendiri di Staples Center, NBA Rabu (1-2), Kobe Bryant dkk. menang telak 106-73. Andrew Bynum dan Bryant menjadi motor Lakers di pertandingan ini. Raihan double-double dengan 24 poin dan 11 rebound menjadikan Bynum sebagai top performer Lakers, sementara Bryant membukukan 24 poin dan 3 rebound.

Lakers melaju kencang sejak tipoff. Torehan 30 poin dikumpulkan di dua kuarter awal sehingga menutup paruh pertama dengan keunggulan 60-36 dari tim tamu. Dengan margin yang begitu jauh, Lakers mengendur di kuarter ketiga. Cuma 13 poin yang ditambahkan Lakers, sedangkan Bobcats berupaya mengejar dengan torehan 22 poin meskipun demikian pemegang kendali permainan tidak berubah dalam kedudukan 73-58. Usai lesu di kuarter sebelumnya, Lakers justru tampil trengginas di 12

menit terakhir. Juara NBA 17 kali itu meraih 33 poin tambahan dan tim lawan hanya “diberi” 15 poin saja untuk megakhiri laga dengan skor 106-73. Dengan kemenangan ini, Lakers telah memenangi 11 laga kandang dan baru dua kali kalah. Sedangkan bagi Bobcats ini jadi kekalahan kesebelas dari 12 laga away-nya. Dari Boston, tuan rumah Boston Celtics membalaskan dendam dengan mengalahkan Cleveland Cavaliers di kandangnya, Quicken Loans Arena, 93-90. Paul Pierce menyumbangkan 20

poin dan Ray Allen menyumbangkan 12 poin di kuarter ketiga serta Kevin Garnett membuat jump shoot kunci yang menjauhkan jarak Celtics dengan Cavs menjadi 91-87 saat laga tersisa sekitar 1 menit. Pelanggaran Alonzo Gee terhadap Pierce membuahkan hukuman tembakan bebas yang kedua-duanya sukses dieksekusinya untuk menambah dua angka Celtics. Jelang buzzer, Kyrie Irving melakukan tembakan tiga angka buat Cavs tapi kemenangan tetap menjadi milik Celtics. (O-2)

Transfer Pemain Eropa B. Dzsudzsak A. Makhachkala Papiss Cisse Freiburg Moussa Sow Lille Nikica Jelavic Rangers Gary Cahill Bolton Alex Chelsea Vedad Ibisevic Hoffenheim Thiago Motta Inter Milan Mevlut Erding PSG S. Silva Fiorentina Darron Gibson MU N. Anelka Chelsea Bobby Zamora Fulham Djibril Cisse Lazio Thierry Henry New York Red Bulls Taye Taiwo AC Milan Federico Macheda MU E. Frimpong Arsenal Maxi Lopez Catania Martin Caceres Sevilla Anthony Modeste Bordeaux Marco Borriello Roma Robbie Keane LA Galaxy Landon Donovan LA Galaxy Luca Toni Juventus Carlos Kameni Espanyol David Trezeguet Baniyas

ke Dynamo Moscow ke Newcastle United ke Fenerbahce ke Everton ke Chelsea ke PGS ke Stuttgart ke PSG ke Rennes ke Boca Juniors ke Everton ke Shenhua ke QPR ke QPR ke Arsenal ke QPR ke QPR ke Wolverhampton ke AC Milan ke Juventus ke Blackburn ke Juventus ke Aston Villa ke Everton ke Al Nasr ke Malaga ke River Plate

19 15.4 13.2 12.6 11.2 6.6 6.6 tidak diungkap tidak diungkap tidak diungkap tidak diungkap tidak diungkap tidak diungkap tidak diungkap pinjam pinjam pinjam pinjam pinjam pinjam pinjam pinjam pinjam pinjam bebas bebas bebas

Angka menunjukkan estimasi juta dolar

–

CMYK

–

– OFFSIDE Menyeberang ke MU

PSG Dapatkan Motta

MANCHESTER̶Bek belia asal Swiss, Frederic Veseli, resmi beralih kostum dari Manchester City ke Manchester United di hari deadline jendela transfer musim dingin. Remaja berusia 19 tahun itu memutuskan hijrah ke sisi merah Manchester lantaran gagal meraih tempat di skuat utama The Eastlands meskipun sempat diikutsertakan dalam tur pramusim City ke Amerika Serikat di musim panas. Di Old Trafford pun sebenarnya Veseli tak akan langsung menembus first-team karena pada awalnya dimasukkan ke skuat reserve terlebih dulu. Namun, hal itu tak menghalangi kebahagiaannya menjadi anggota baru The Red Devils. Saya sangat senang, dan bergabung Manchester United merupakan sebuah kehormatan, ujarnya di situs resmi United. Saya amat berterima kasih kepada Sir Alex Ferguson karena telah membawa saya ke klub luar biasa seperti ini. United memiliki sejarah panjang tentang para pemain muda yang menembus tim utama dan saya berharap dapat melakukan hal yang sama. (GOAL/MI/O-2)

PARIS̶Paris Saint-Germain resmi mendatangkan gelandang Brasil Thiago Motta dari Inter Milan. PSG mengatakan gelandang berusia 29 tahun itu akan diperkenalkan di Stadion Parc des Princes pada Rabu (1-2) waktu setempat. PSG tidak menyebutkan pasti nilai kontrak pemain berdarah Brasil ini, tapi media massa Prancis dan Italia menyebut nilai tranfer Motta berkisar 10 juta euro. Motta akan membawa pengalaman berharga bagi PSG yang tengah memburu gelar Ligue 1 pertama mereka sejak 1994 dan lolos ke Liga Champions untuk pertama kali sejak 2004. Thiago Motta akan mengenakan kostum nomor 28 di PSG. Presentasi Motta akan dihadiri Direktur Olahraga PSG Leonardo Araujo, demikian pengumuman pihak PSG. (AP/MI/O-2)

„ LAMPOST/DOK.

„ LAMPOST/DOK.

–

CMYK

–

± ±

± ±

CMYK CMYK

I 18

Olahraga

kamis, 2 februari 2012 lAmpung pOst

Mclaren Luncurkan MP4-27

varia SPOrT

TiMNaS

Menpora Diminta Konsisten

DPRD Lambar Gelar Turnamen Futsal

± ±

LiWa—Sekretariat DPRD Lampung Barat akan menggelar turnamen futsal antara anggota dewan, penggiat pers (wartawan), dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Jumat (3-2). Kepala Bagian (Kabag) Humas Protokol dan Dokumentasi Sekretariat DPRD Lambar Burlianto Eka Putra, Rabu (1-2), mengatakan turnamen futsal tersebut sebagai wadah untuk mempererat tali silaturahmi lembaga legislatif dengan Forkopimda dan penggiat pers di Lambar sehingga terjalin komunikasi yang baik dan berkesinambungan. Lomba digelar di lapangan DPRD dan diikuti tim dari Polres, Kodim, kejaksaan, Pengadilan Negeri Liwa, Kanwil Kementerian Agama, Pemkab Lambar beserta insan pers dan anggota DPRD Lambar. Selain turnamen futsal, ujar Burlianto, panitia juga menyelenggarakan lomba gaple, tenis meja, tarik tambang, badminton, dan senam aerobik. (*/O-1)

Penyelesaian Fasilitas PON Dipercepat

PeKaNbaru—Pemerintah Provinsi Riau mempercepat proses penyelesaian berbagai fasilitas sarana dan infrastruktur untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan PON XVIII di Bumi Lancang Kuning, September 2012 mendatang. Gubernur Riau H.M. Rusli Zainal yang juga Ketua Umum Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON), Rabu (1-2), mengatakan pihaknya optimistis seluruh venue (lokasi pertandingan dan sarana penunjang) bisa selesai sebelum pesta olahraga multi-event itu berlangsung. “Saat ini, secara keseluruhan persiapan sudah mencapai 96%. Tinggal beberapa venue saja yang belum selesai, tapi dalam proses pengerjaan dan hampir selesai. Khusus untuk stadion utama dengan kapasitas 43 ribu penonton, kesiapannya mendekati 100%, tinggal pekerjaan penataan kawasan dan lainnya,” ujarnya. (Ant/O-1)

DaNDiM CuP i

Paser dan Persilamtim B Lolos ke Delapan Besar

± ±

METRO (Lampost): Paser, Metro, dan Persilamtim B, Lampung Timur, menjadi dua tim pertama yang masuk delapan besar Dandim Cup I, setelah masing-masing tim menundukkan lawan mereka di lapangan sepak bola Hadimulyo Barat, Kota Metro, Rabu (1-2). Bermain pada laga pertama, Paser menjinakkan ambisi PS Potensi, Kota Metro, 2-0. Dua gol kemenangan anak asuh Sudarto diciptakan lewat kaki Yuda Asmara menit ke-10. Berawal dari umpan silang akurat di sisi kanan gawang, samberan kaki Yuda yang menyusur tanah tidak dapat dihalau kiper lawan. Dua belas menit kemudian, giliran Sofyan memperbesar keunggulan. Kecerdikan Sofyan yang melewati beberapa bek lawan dituntaskan dengan melepaskan sepakan yang tak mampu diantisipasi kiper lawan. Meskipun tertinggal dua gol, pasukan Potensi tetap memberikan perlawanan. Namun, hingga laga usai, Potensi yang pada putaran pertama mengandaskan Pasukan Putrad, Poncowati, Lampung Tengah, harus mengakui keunggulan Paser 0-2. Sementara di laga kedua, Persilamtim B, Lampung Timur, menang 3-1 atas Buana FC, Sribhawono, Lampung Timur. Gol pertama tercipta lewat kaki Yulianto menit ke-25. Tak lama kemudian, giliran Matondang memperbesar keung-

gulan. Hingga babak pertama usai skor 2-0 tidak berubah. Memasuki babak kedua, PS Buana yang diarsiteki Heri mencoba mengejar ketertinggalan. Beberapa kali serangan yang dibangun dapat menciptakan peluang untuk mengoyak gawang lawan. Namun, karena kurangnya koordinasi antarpemain depan, beberapa peluang manis harus terbuang. Hingga menit ke-55, pasukan Buana FC baru dapat menjawab kebuntuan. Lewat kaki M. Rohman, pemain penuh bakat ini dengan tendangan kerasnya berhasil menggetarkan jala lawan. Kedudukan 2-1 menjadikan anak-anak Buana FC makin semangat mengejar ketertinggalan. Namun, keasikan dalam melakukan serangan, berakibat fatal bagi Buana FC. Memanfaatkan serangan balik, akhirnya Persilamtim berhasil menambah gol kemenangan. Sampai peluit panjang berbunyi, kedudukan tetap 3-1 untuk kemenangan Persilamtim. Masih di tempat yang sama, Kamis (2-2), Dandim Cup I pada pertandingkan pertama akan mempertandingkan PS Budi Utomo, Kota Metro, melawan PS Wosakaling, Pekalongan, Lampung Timur. Sedangkan pada pertandingan kedua PS Wirautama, Punggur, Lampung Tengah, berhadapan dengan PS Persipur, Purbolinggo, Lampung Timur. (OgI/O-1)

n REutERs

mclaren meluncurkan mobil mp4-27 untuk Formula 1 musim 2012, Rabu (1-2). mobil ini terlihat lebih segar dan sayap belakang tampak lebih besar untuk mengantisipasi kehilangan downforce setelah diffuser dilarang pada musim ini. Diharapkan mobil ini bisa bersaing untuk memperebutkan gelar juara dunia F1, setelah mereka gagal dalam tiga musim terakhir.

Nasib PSSI Lampung Tunggu Hasil Rapat Exco BaNDaR LamPUNG (Lampost): kepastian dibekukan atau tidaknya Pengurus Provinsi Persatuan sepak Bola seluruh indonesia (Pengprov Pssi) Lampung masih belum ada. Pssi Pusat akan menggelar rapat Exco pada 3 Februari nanti untuk menentukan kepastian tersebut. Dari sembilan Pengprov PSSI yang diancam akan dibekukan, sebanyak tujuh Pengprov sudah pasti dibekukan. Sedangkan dua di antaranya, yakni Pengprov PSSI Lampung dan Pengprov Bengkulu, masih dalam tahapan pengkajian. “Tujuh Pengprov sudah pasti dibekukan. Namun, dua Pengprov lainnya termasuk Lampung, masih dalam tahap penyelidikan,” kata Hadiandra, wakil sekretaris jenderal PSSI Bidang Organisasi, saat dihubungi Lampung Post, Rabu (1-2) malam. Hadiandra menjelaskan ha-

sil penelitian terhadap kedua Pengprov PSSI tersebut nantinya dibahas dalam rapat Exco pada 3 Februari mendatang. “Tahapan penelitian sudah jalan dan akan jelas keputusannya setelah rapat Exco.” Terkait adanya informasi mengenai pertemuan antara Ketua Umum Pengprov PSSI Lampung Hartarto Lojaya dan Ketua Umum PSSI Johar Arifin, hal tersebut belum bisa diambil kesimpulan terkait status Pengprov PSSI Lampung. “Jika ada pertemuan, semua keputusan tetap pada hasil rapat Exco,” ujarnya.

Lampung Solid

Direktur Legal PSSI Finantha Rudy, Rabu (1-2), mengatakan dari

‘‘

nasib pengprov pssI lampung menunggu hasil rapat Exco, 3 Februari mendatang.

rencana sembilan pengrov yang dibekukan, termasuk Lampung, PSSI memutuskan tujuh yang dibekukan, yakni Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, DI Yogyakarta, dan Kalimantan TImur. Menurut Finanta, surat pembekuan ketujuh Pengprov itu telah ditandatangani Ketua Umum PSSI Johar Arifin. “Sembilan itu kan

PreSTaSi OLaHraGa

Maksimalkan Perawatan Sarana

iNKaDO

Imamsyah Tarmizi Jadi Ketua Umum

± ±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kepala Dinas Pengairan dan Permukiman Provinsi Lampung Imamsyah Tarmizi terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Indonesia Karate-DO (Inkado) Lampung periode 2012—2017. Imamsyah menjadi calon tunggal dalam Musyawarah Daerah (Musda) Perguruan Inkado VII, setelah calon lainnya, Arif Hidayat, mundur. Imamsyah dipercaya seluruh pemilik suara yang berjumlah 25 suara, masing-masing dua suara dari 12 kooordinator cabang Inkado kabupaten/kota, serta satu suara dari kepengurusan demisioner. Usai penyelenggaraan musda, Imamsyah menuturkan pihaknya bertekad mengembalikan kejayaan Inkado seperti era tahun 1980-an yang menyumbangkan medali emas untuk Lampung di PON. “Kami akan upayakan untuk lebih baik lagi, tentunya dengan dukungan semua pihak,” kata Imamsyah. Ketua Umum Forki Lampung Hannibal mengatakan Inkado merupakan salah satu perguruan besar yang cukup besar dalam memberi kontribusi untuk pembinaan karate. “Kami berharap di bawah kepengurusan yang baru, ke depan Inkado Lampung semakin baik dalam meningkatkan prestasi

± ±

olahraga karate,” kata Hannibal. Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. dalam sambutannya yang disampaikan Kadispora Lampung Sugiarto menyatakan cabang olahraga karate tumbuh menjadi salah satu kebanggan masyarakat, tidak hanya dalam skala daerah, tapi juga secara nasional. Sebab itu, pengurus Inkado Lampung diharapkan dapat senantiasa konsentrasi dalam hal pembinaan, pembibitan, dan melakukan regenerasi atlet. Untuk itu, diperlukan kerja keras dan komitmen dalam melaksanakan program kerja pembinaan. Sugiarto menambahkan untuk membangun olahraga agar lebih maju dan berprestasi, hendaknya setiap pelatih dapat kembali ke tengah-tengah atlet dan tidak menjadi pengurus organisasi olahraga. “Jika pelatih juga ikut menjadi pengurus, bisa hancur olahraga,” kata dia. Sugiarto menjelaskan sebagai upaya pembinaan cabang olahraga bela diri, pihaknya berencana memasukkan olahraga karate dan pencak silat ke asrama PPLP. “Rencananya mulai September 2012 nanti, cabang karate sudah masuk bagian PPLP. Untuk sementara kami targetkan ada sembilan atlet karate baik putra atau putri,” kata Sugiarto. (YAR/O-1)

CMYK CMYK

± ±

CMYK CMYK

n lAmpung pOst/IYAR JARKAsIH

MeSiN SirKuLaSi. mesin sirkulasi air di kolam renang pahoman kondisinya cukup memprihatinkan. selain sudah berkarat, mesin yang sudah ada sejak 1979 ini kondisinya juga rawan kerusakan sehingga harus diperbaiki setiap dua minggu sekali. Foto dibidik Rabu (1-2) di kompleks kolam renang pahoman, Bandar lampung.

BANDAR LAMPUNG—Ketersediaan sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan geliat dan prestasi olahraga. Tanpa adanya fasilitas yang memadai, meraih prestasi mungkin hanya sekadar mimpi. Berbicara sarana dan prasarana olahraga di Lampung, tentu tidak bisa dipungkiri jika keberadaannya relatif masih minim. Hal ini kemungkinan menjadi salah satu faktor yang membuat prestasi olahraga di Lampung terus merosot jika berorientasi dari ajang sekelas Pekan Olahraga Nasional (PON). Minimnya fasilitas olahraga di Lampung ini pun pernah mengundang komentar salah satu anggota Komisi X DPR, Itet Tridjajati Sumarijanto, yang melakukan kunjungan ke Lampung beberapa waktu lalu. “Kami biasa lihat di mana-mana, memang di sini (Lampung, red) masih kurang,”

kata Itet. Kondisi minimnya sarana dan prasarana olahraga kian diperburuk dengan mekanisme perawatan yang amburadul. Terakhir, kondisi lapangan tempat berlatih cabang bola voli pasir di kompleks PKOR Way Halim sudah sejak 2004 tidak pernah mendapatkan polesan perawatan yang intensif. Akibatnya, salah satu cabang olahraga unggulan yang akan tampil di PON XVIII ini mengalami kendala saat latihan dan berencana memindahkan tempat berlatih di Lampung Selatan. Sarana lainnya yang juga seolah terabaikan, yakni kolam renang Pahoman. Situasi terakhir, kondisi debit air di kolam renang ini mengalami susut. Selain itu, keberadaan mesin sirkulasi di kolam renang Pahoman pun relatif sudah cukup tua, yakni sejak 1979. Padahal, fungsi mesin sirkulasi

± ±

tersebut sangat vital untuk membuat air kolam tetap jernih. “Saat ini kondisinya sudah berkarat dan rawan rusak. Normalnya, untuk mesin sirkulasi seharusnya diganti dalam waktu 2—3 tahun,” kata Jarkani, pengurus kolam renang Pahoman, Rabu (1-2). Minimnya perawatan terhadap sarana yang tersedia tentu kian menambah deretan polemik keterbatasan sarana olahraga di Lampung. Pembangunan sarana baru merupakan sebuah keharusan agar olahraga di Lampung dapat semakin maju. Namun, untuk saat ini masalah perawatan tentu menjelma sebagai sebuah prioritas. Akan terbuang percuma sarana yang sudah tersedia, jika tanpa perawatan yang maksimal. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi dinas terkait, seperti Dinas Pemuda dan Olahraga Lampung. (IYAR JARKAsIH/O-1)

yang dibahas sebelumnya, yang ada suratnya baru tujuh Pengprov.” Pembekuan Pengprov Lampung, menurut Ketua Umum PSSI Lampung Hartarto Lojaya, baru sebatas rencana. Namun, Hartarto mengakui semula ada sembilan Pengprov yang akan dibekukan. “Saya sudah bertemu Pak Johar Arifin dan menjelaskan posisi PSSI Lampung. Hingga kini PSSI Lampung solid. Kalau ada yang mengatasnamakan PSSI Lampung, itu oknum,” kata Hartarto Lojaya, yang juga anggota DPRD Provinsi Lampung itu. Menurut dia, PSSI Lampung tidak ingin terlibat dengan kisruh di PSSI Pusat. Mengenai dukungan Lampung, secara diplomatis Hartarto mengatakan pihaknya ingin fokus ke pembinaan sepak bola Lampung. “Lampung tidak ikutikutanlah, kami ingin profesional saja,” kata Hartarto. (YAR/O-1)

MALANG (MI/Lampost): Mantan Ketua Umum PSSI Nurdin Halid meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng tetap konsisten dengan kebijakannya berkaitan dengan pemain yang memperkuat tim nasional (timnas). “Seharusnya Menpora konsisten dengan kebijakannya terkait pemain timnas. Pak Andi pernah mengatakan jika semua warga negara Indonesia (WNI) punya hak yang sama untuk memperkuat timnas, apakah pemain itu berlaga di Liga Primer Indonesia (LPI) atau Liga Super Indonesia (LSI),” kata Nurdin Halid seusai membuka Rakornas Dekopin di Batu, Jawa Timur, Selasa (31-1) malam. Namun, faktanya sekarang pemain yang memperkuat tim yang berkompetisi di LSI dianggap ilegal dan tidak boleh memperkuat timnas. “Ini namanya kan tidak konsisten dan melanggar kebijakan yang telah dibuat sendiri,” ujarnya. Dulu, lanjutnya, kompetisi LPI dianggap sah dan pemainnya juga punya hak yang sama untuk memperkuat timnas, tapi kenapa sekarang pemain LSI tidak diperbolehkan memperkuat timnas. Padahal, semua tahu bagaimana kualitas pemain yang berkompetisi di ajang LSI. Ia menyarankan agar Menpora segera memanggil PSSI untuk membahas komposisi pemain yang memperkuat timnas dengan mencari pemain yang berkualitas dan memiliki jam terbang. Apalagi, ujar Nurdin, dalam waktu dekat ini Timnas Indonesia menghadapi laga terakhirnya melawan Bahrain, Februari 2012, di ajang penyisihan grup E Zona Asia ajang Pra-Piala Dunia (PPD) 2014. “Dulu timnas bisa mengalahkan Bahrain, masak sekarang timnas akan dibantai Bahrain? Jangan memalukan lah,” ujarnya. Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Djohar Arifin tetap pada pendiriannya jika pemain yang berkiprah di LSI tidak boleh memperkuat timnas. (Ant/O-1)

±±

±±

MOTOGP 2012

Stoner Tercepat di Tes Hari Kedua SEPANG (Dtc/Lampost): Setelah absen di hari pertama, pemba lap Repsol Honda Casey Stoner akhirnya tampil di hari kedua tes pramusim. Tak tanggungtanggung, Stoner langsung jadi yang tercepat dengan mengungguli duo Yamaha Ben Spies dan Jorge Lorenzo di tempat kedua dan ketiga. Juara bertahan MotoGP itu terpaksa melewati seluruh sesi di tes perdana, Selasa (31-1), akibat nyeri punggung saat melakukan pemanasan di pagi harinya. Pada tes hari kedua, Rabu (1-2), pembalap asal Australia berusia 26 tahun itu menjadi yang tercepat di Sirkuit Sepang dengan mencatat waktu 2 menit 0,895

detik setelah melahap sekitar 29 lap. Stoner hanya unggul tipis 0,157 detik atas Spies dan 0,173 detik atas Lorenzo. Posisi keempat ditempati rekan setim Stoner, Dani Pedrosa. Pembalap Monster Yamaha, Cal Crutchlow, melengkapi posisi lima besar tes di hari kedua. Sementara itu, pemba lap Ducati Valentino Rossi hanya bertenggger di peringkat ketujuh dengan waktu 2 menit 1,886 detik. Juara MotoGP tujuh kali itu tampaknya masih belum bisa mengoptimalkan performa motor baru Ducati, GP12. Rekan setim Rossi, Nicky Hayden harus mengakhiri tes lebih awal karena mengalami cedera pada bahunya. Pembalap asal Amerika Serikat itu hanya menempati urutan ke-10. (O-1)

n REutERs/BAZuKI muHAmmAD

TeS PraMuSiM. pembalap Repsol Honda, Casey stoner, akhirnya tampil di hari kedua tes pramusim di sirkuit sepang, malaysia Rabu (1-2). pembalap motogp asal Australia itu sedang mendengarkan penjelasan dari mekanik Honda.

CMYK CMYK

± ±

±±

±

±

CMYK

±

CMYK

I 19

kamis, 2 Februari 2012 lampung post

pengantar

±

DUNIA Kampus merupakan salah satu rubrik andalan harian umum Lampung Post. Penggarapannya dilakukan mahasiswa secara bergiliran melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Tujuannya, kami ingin memberi pendidikan jurnalistik praktis kepada mahasiswa. Tidak hanya teori, tapi juga praktek jurnalistik sampai menerbitkan sebuah koran. Selain itu, kami ingin mempertajam proximity (kedekatan) isu, sehingga keberadaan Dunia Kampus memiliki signifikasi bagi dinamika mahasiswa pada khususnya dan perguruan tinggi pada umumnya. Edisi kali ini menampilkan Himpunan Mahasiswa Eksakta (Himasakta) yang merupakan wadah berkumpulnya mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Unila. Melalui organisasi ini, mahasiswa PMIPA ingin meningkatkan kemampuan para guru dan siswa dalam bidang sains melalui berbagai kegiatan, salah satunya Himasakta In Action yang dimulai pekan ini. Bagi BEM, UKM, atau organisasi kemahasiswaan lainnya yang ingin menggarap Dunia Kampus, silakan mengirimkan usulan topik Laporan Utama, Profil, Bedah Buku, Jeda, dan Kronika ke e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, faksimile 0721783598, atau SMS 08127200999. Selamat menikmati. Redaksi.

±

n DoK. HImasaKta unIla

KELUARGA HIMASAKTA. Keluarga besar Himpunan mahasiswa Eksakta (Himasakta) yang merupakan wadah berkumpulnya mahasiswa Jurusan pendidikan matematika dan Ipa FKIp unila.

ProFil Mahasiswa

Arif, Sukses Kuliah dan Organisasi

± Kali ini kami dari Himasakta FKIP Unila menampilkan sosok yang energik dan penuh senyum. Pria yang bernama lengkap Arief Ageng Sanjaya ini patut menjadi contoh bagi rekan-rekan mahasiswa. Tidak hanya cakap dalam bidang akademik, tetapi juga cakap dalam organisasi. Pria kelahiran Pringsewu, 2 Mei 1991, yang kini menjadi ketua Himasakta FKIP Unila ini berusaha menyeimbang-

kan antara aktivitas kuliah dan organisasi. Dia berusaha untuk terus mencapai hasil maksimal walaupun banyak agenda di Himasakta yang harus ia selesaikan. Alhamdulillah, itu berhasil diraihnya. Selain itu, Arif yang memiliki karakter korelis-melankolis ini juga memiliki banyak pengalaman berorganisasi, baik internal maupun eksternal kampus. Organisasi yang pernah diikutinya di antaranya Rimsa Masjid Almuhajirin Pringsewu. Dia juga menjadi kadiv Kaderiasi Ikahimatika Wilayah 2 yang meliputi Lampung, Palembang, Riau, dan Bengkulu tahun 2011—2013. Lalu dia juga dipercaya menjadi anggota Kominfo, organisasi intra-TPA, dan lainnya. Selain itu, Arif juga aktif mengikuti banyak kegiatan dan pelatihan SDT (Self Development Training), Training Advokasi Pendidikan Tingkat Nasional. Kemudian, LKMITD (Latihan Kepemimpinan Manajemen Islam Tingkat Dasar) dan pelatihan-pelatihan lainnya. Mahasiswa semester V ini pun tetap fokus pada amanah, tugas yang diembannya saat ini. (tIm REDaKsI/s-3)

Himasakta ‘In

Di era globalisasi, peranan pemuda sangat

dibutuhkan. Pemuda adalah aset terbesar yang harus dijaga dan dibina untuk mengembangkan potensi. sebab, kemajuan sebuah negara terletak di tangan pemudanya. Tanggung jawab untuk membantu siswa dalam mengembangkan potensinya tidak hanya milik pemerintah. Upaya mencerdaskan bangsa adalah tanggung jawab seluruh komponen yang terlibat dalam dunia pendidikan, baik kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat. Oleh karena itu, Himasakta menyelenggarakan kegiatan yaitu Gempita 2012 se-Lampung dengan tema Gali potensi, raih prestasi, dan bentuk karakter melalui generasi yang cerdas dan kompetitif. Kegiatan ini diharapkan dapat mencetak siswa yang berkarakter, cerdas, dan berkompetitif dalam bidang sains. Pendaftaran dilaksanakan pada 1—22 Februari di gedung G FKIP Unila atau Sekertariat Himasakta di gedung PKM

FKIP unila. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada 3—11 Maret. Beberapa lomba yang digelar yakni lomba membuat komik matematika, menciptakan alat peraga fisika, keterampilan laboratorium kimia. Kemudian, lomba karya tulis ilmiah (LKTI) biologi, olimpiade sains kerohanian, olimpiade eksakta SMP, dan lainnya. Lomba pembuat a n kom i k matematika merupakan lomba pembuatan komik yang digunakan sebagai bahan untuk membelajarkan konsep matematika. Harapannya, lomba ini memberikan media pembelajaran yang menarik kepada siswa di Lampung. Pembuatan komik ini dapat dilakukan berkelompok dengan anggota maksimal tiga orang. Setelah melalui tahap penyeleksian, akan terpilih 10 besar kelompok

pembuat komik terbaik untuk mempresentasikan karya mereka saat pelaksanaan lomba. Melalui lomba penciptaan alat peraga fisika, diharapkan mampu menjelaskan suatu konsep fisika menggunakan alat peraga sederhana. Lomba ini menuntut pe-

‘‘

upaya mencerdaskan bangsa adalah tanggung jawab seluruh komponen yang terlibat dalam dunia pendidikan.

serta berpikir kreatif untuk menciptakan alat peraga sederhana yang terbuat dari bahan-bahan sederhana yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti lomba pembuatan komik, lomba pembuatan alat peraga

±

±

CMYK

gan anggota maksimal tiga orang. Tujuannya, menumbuhkan pemikiran yang inovatif dan kritis untuk menghadapi tantangan global. Kemudian, lomba maja lah dinding, bertemakan Potensi alam Lampung. Lomba pembuatan majalah dinding ini juga dilakukan berkelompok dengan anggota maksimal lima orang tiap timnya. Olimpiade sains kerohanian (osaka) merupakan lomba pembuatan karya tulis yang mengkaitkan antara sains dan agama. Pembuatan karya tulis ini dapat dilakukan berkelompok dengan anggota maksimal tiga orang. “Inilah salah satu bentuk dukungan Himasakta terhadap visi FKIP yang religius, edukatif, dan inovatif. Bukan hanya mendukung visi FKIP, namun Himasakta memiliki tekad untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa melalu kegiatan Gempita ini,” kata Arief Ageng Sanjaya, ketua umum Himasakta periode 2011—2012. (tIm REDaKsI/s-3)

±

Ciptakan Generasi Akademis

Butuh Kemampuan Menulis dan Wawancara terselesaikannya karya kecil kami ini. Semoga agenda besar kami, Himasakta In Action, bisa berjalan lancar dan sukses. Semoga beragam informasi yang kami suguhkan ini memberikan manfaat untuk seluruh pembaca Lampung Post. Ternyata untuk membuat karya kecil ini membutuhkan kemampuan yang jeli, khususnya teknik penulisan dan teknik wawancara. Kami minta maaf jika ada kesalahan dalam tulisan, tak ada gading yang tak retak. “Hidup Himasakta!” (tIm REDaKsI/s-3)

fisika ini dapat dilakukan berkelompok dengan anggota maksimal tiga orang. Setelah melalui tahap penyeleksian, akan dipilih 10 besar kelompok pembuat alat peraga terbaik dan diminta untuk mempresentasikan karya mereka. Sedangkan lomba keterampilan laboratorium kimia merupakan lomba yang menguji tingkat keterampilan peserta terhadap penggunaan alat-alat peraga kimia dan menggunakannya untuk membuktikan dan mencari suatu konsep kimia. Perlombaan ini dilakukan berkelompok yang terdiri dari tiga orang setiap kelompoknya. Perlombaan ini menggunakan sistem kompetisi untuk menentukan pemenangnya. Sementara lomba karya tulis ilmiah (LKTI) biologi merupakan lomba pembuatan karya tulis ilmiah bidang biologi yang mengkaitkan konsep biologi dengan masalah yang akan dibahas. Seperti lomba-lomba lainnya, lomba karya tulis ilmiah biologi ini dilakukan berkelompok den-

sisi laiN

TiM reDaKsi

Kami Tim Redaksi Himasakta (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Eksakta) FKIP Unila mengucapkan terima kasih kepada Lampung Post yang telah memberikan tempat kepada kami untuk tampil dalam rubrik Dunia Kampus edisi kali ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada ketua Himasakta yang telah memberikan informasinya. Untuk teman-teman seperjuangan di Himasakta FKIP Unila, kami juga mengucapkan terima kasih atas ulasan-ulasannya yang sangat membantu

action’

n DoK. HImasaKta unIla

aNGGoTa MuDa. setiap tahun Himasakta selalu mengadakan perekrutan anggota baru yang dikenal sebagai anggota muda.

reseNsi buKu

Pembunuh itu Bernama Rokok Banyak dampak negatif yang rokok ditinjau dari berbagai segi. di antaranya beracun dan 43 lagi menyertai perokok, baik dari segi Penulis juga menjelaskan ba- pemicu kanker. Racun utama pada medis (kesehatan), psikologis, gaimana efek rokok terhadap rokok adalah nikotin, tar, dan sosial, bahkan ekonomi pencandu- tubuh manusia, racun pada rokok, karbon monoksida. Zat kimia yang nya. Sejak lama para peneliti serta masalah hukum di Indonesia dikeluarkan terdiri dari komponen dan dokter sepakat bahwa rokok mengenai rokok yang dinilai masih gas dan partikel. Sebagian dari beribu-ribu zat menjadi salah satu sumber pe- kurang tegas bila dibandingkan dalam rokok misalnya nikotin, nyakit berbahaya seperti kanker negara lainnya. Penulis juga menjelaskan apa urethan, benzen, methanol, kuparu-paru, tuberkulosis (TBC), sakit jantung, stroke, impotensi, saja racun-racun dan zat kimia marin, akrolein, asetilen, bendalam rokok. Dijelaskan, ketika zaldehid, dll. Komponen gasnya dan sebagainya. Hal inilah yang ingin disampai- sebatang rokok terbakar, terben- adalah CO, amoniak, asam hidrokan Muhammad Jaya, sang penulis tuklah 4.000 senyawa kimia, 200 sianat, formaldehid, dan nitrogen oksida. Sedangkan partikelnya buku. Ia prihatin dengan berupa tar, indol, nikotin, karkondisi masyarakat InJudul buku : Pembunuh Berbahaya itu barzol, dan kresol. donesia yang merupakan Bernama Rokok Buku ini menyampaikan negara dengan reputasi Pengarang : Muhammad Jaya berbagai pesan dengan meterburuk di seluruh dunia, Penerbit : Penerbit Riz’ma narik dan cukup jelas sehingga bukan hanya untuk perbisa membuat pembacanya Kota terbit : Sleman okok aktif, melainkan juga mengerti akan bahaya merperokok pasif pada pelajar Tahun terbit : 2009 okok. Namun, terdapat inforusia 13—15 tahun. Tebal : 140 x 210 mm, 136 halaman masi serupa yang ditulis beruBuku ini juga menjelasHarga : Rp24 ribu lang-ulang. (tIm REDaKsI/s-3) kan sejarah dan jenis-jenis

±

Organisasi yang bernama Himpunan Mahasiswa Pendidikan Eksakta (Himasakta) FKIP Unila ini didirikan di Bandar Lampung pada Musyawarah Mahasiswa Jurusan I (MMJ I) FKIP Unila pada Minggu, 1 Agustus 2004, di Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA) FKIP Unila. Organisasi pada periode ini memiliki visi terwujudnya Himasakta yang solid, profesional, dan berkarakter untuk mewujudkan Jurusan PMIPA yang cerdas dan terus berkarya untuk bangsa. Sedangkan misinya meningkatkan SDM Jurusan PMIPA dengan menyelenggarakan kegiatan kreatif dan inovatif. Kemud i a n , m em b a n g u n hubungan dan kerja sama yang baik dengan pihak eksternal Himasakta. Juga mewujudkan Himasakta yang berkarakter, meningkatkan profesionalitas, dan kesolidan pengurus dengan mengoptimalkan pembinaan dan pemberdayaan. Tujuan Himasakta FKIP Unila adalah membina insan akademis untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,

berbudi pekerti luhur, mandiri, dan bertanggung jawab. Selain itu, terciptanya kampus yang akademis, dinamis, demokratis, kritis, agamis, dan kreatif. Kemudian, meningkatkan kepekaan sosial masyarakat terhadap lingkungannya. Sementa ra f u ngsi Himasakta FKIP Unila adalah sebagai wadah aktivitas, komunikasi, informasi, dan sarana belajar mahasiswa Jurusan PMIPA khususnya dan Unila pada umumnya, serta sebagai wadah yang dapat menampung dan menya lurkan aspirasi seluruh sivitas akademika Jurusan PMIPA khususnya dan FKIP Unila pada umumnya. Tujuan peran dan f ungsi Himasakata sangat membantu dalam mewujudkan visi nasional Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh sebab itu, Himasakta selalu mengembangkan potensi SDM ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna. Prinsipnya, mewujudkan kepribadian mandiri dan bertanggung jawab, bekerja cerdas, ikhlas, mawas dan tuntas, teratur dan terencana, serta penuh kebijaksanaan. (tIm REDaKsI/s-3)

CMYK

±

±

AC Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470 AC bergaransi 3 th, tunai/ kredit, Panasonic, LG, Sharp, Crystal, Hub LINTAS SURYA Tlp. 0721 241101, 7490054 WINDA AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866.Minggu Buka

AHLI GIGI RAMA DENTAL ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18 Kebon Jahe.

BADUT Tama Ent. Mulai 150rb. Badut, dekor, balon dll. Hub.0812.79742313, 07217426047 Anto Ent: Badut, MC, Sulap, Dekorasi, Balon, Pinata dll.Hub:081379408364

BIRO jASA POTONG RUMPUT Jasa Sabit-Potong Rumput Taman, Kbn Ling rmh & Parik Hub:Winda Tlp 07217503570/082181824700/085 669307000

BUS PARIWISATA Sedia Bus untuk Wisata Rohani,Darma Wisata Acara Pernikahan,Keselamatan Penumpang Prioritas kami.Klik WWW. Darmadutawisata.com

CUCI SPRINGBED Cuci springbed, karpet, sofa, ACS antar jemput bersih hygenis, harum. Hub. 0721-3644254

ELEKTRONIK DIGITAL PARABOLA Spesialis Parabola system distribusi Sales & Service. Sedia Indovision/tor tv dll. Hub. 0811.722855, 475331

HANDPHONE SERVER ASLI LPG, trm pendaftaran AGEN Telksl 5:5450, 10:10400,20:20250, Indst 5k:5050, 10k:10050, 25k: 24900 XL 5:5300,10:10300 Flx 5, 15/9.95/19.5 Esia 5,20/10.15. Minami_Cel, 085269555333, 0819.779.81001

FURNITURE jATI UKIR BAROKAH menerima psnan, jual, beli, tukar tmbh, cash/ credit & mnrm servis brg lama bs kmblibri. Hub. 0721-7375949 Minimalis Produksi,interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern,Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

HORDENG “Neo Classic ” trm pemesanan/ pemasangan hordeng, vitrage, spiral, vertikal/horizontal blind dll,hsl memuaskan, hrg variatif. Hub. 081369342793,081977972187.

INDEKOST Kost karywn/ti fas: Lkap nyaman parkir luas lok.Enggal. Hb. 0811791229. Rumah kost fasilitas lengkap, AC, TV, klks, kmr mdi dlm, prkr ls, jl. P. Kemerdekaan 18 tlp.253967. Kost executive Penginapan dan Perkantoran DIVKA Residen Faslt AC,TV,Laundry dll Jl.P.Antasari No.114, Telp.0721 269763, 085658800281 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

INTERIOR NADIA INTERIOR, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 470206, 0811792863 SAFIRA Interior: membuat kichen set, kmr set, lemari pajangan, bar, meja kantor, counter bank, partisi. Showroom: 0813.79129108, 7164443

KECANTIKAN Jual pil pemutih kulit. Ingin kulit putih spt orang jepang & korea sehat mulus putih & awet muda. Buktikan CP 085367141646.

KEHILANGAN STNK BE 6576 DR, Nk: MH1KEVF10WK179106, NS: KEVFE1178984, AN: Mukaji. STNK BE 2155 TD, Noka:MH KG2CJ2JAK037216, Nosin:DBW3583, AN:Isnani

STNK BE 2320 CC, Noka : T120SB05612, Nosin : 4G17C-685927, An : Widodo STNK BE 3062 DX, NK:MH1 JBC212AK441232, NS:JBC2E1430088, AN:Hamdan M.F. STNK BE 3915 SR, NK: MH1JB E111BK105845, NS: JBE1E1106650, AN: Herman STNK BE 4373 LC, NK: MH1JB81 13AK530953, NS: JB1E1526354, AN: Nana Priyatna STNK BE 5767 CY Nk: MH1JB51 146K762578, Ns: JB51E-1757613 An: PT Taspen (Persero) Telp: 488935 STNK BE 5957 CC, Nk. MH344D002BK280804, Ns. 44D277380,an. Angga Pratama. STNK BE 6088 F,Noka: RC11001 02299,Nosin: E10710802726, AN: Eko Martono S T N K B E 6 7 6 2 F P, NK:MH1JF51158K790971, NS:JF51E1789467, AN: Richie Saputra S T N K B E 6 9 4 4 Y Y, N o k a . MH1JB310BK111634, Nosin. JBE3E1110522, an. Aan Riyadi STNK BE 7327 YC Noka : MH328D0029K390664, Nosin : 28D-389835, An : Asiman. STNK BE 8150 FN, NK: MH1JF5115AK133036, NS: JF51E1134606, AN: Junaidi STNK BE 8296 AC, NK: MH1HB71187K097809, NS: HB71E1096902, AN: Maryam

KESEHATAN NUTRISI KESEHATAN Hidup Lebih Sehat dgn Nutrisi Naik / Turun BB 4-7 kg / bln. Hub: Carol 0812-68991199 Hidup Lebih Sehat dgn Nutrisi Naik / Turun BB 4-7 kg / bln Hub: Diego 0852-68918888

PIjAT KEBUGARAN Vi v i U r u t R e v l e k s i d l l t r i m a Panggilan.0852-67904681,081933591789,719066

PIjAT KEBUGARAN Pijat, urut, lulur, perawatan, bisa dipanggil. Hub. 082181823301

KOLAM RENANG Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER Terima JUAL BELI LAPTOP BEKAS service & sparepart. Beli laptop sgl knds hrg menarik. Hub. 0813.19900982, 9010982. Jual LAPTOP MURAH core duo, core2duo, core i3. Laptop Toshiba p4 hy 1,8jt. Hb sgr. 081319900982, 9010982

KURSUS MENjAHIT Bisa cpt cari uang disk 20%-50%, bisa disalurkan kerja. Cpt2 ikut kursus menjahit &mode jULIANA jAYA.T.Umar Gg.Kiwi 5.Cp 701677081540816997

MEjA BILLIARD Sokasi selalu sedia meja billiard 9’’/7 feet Second 95%/ bru + mcm aksesoris jl. Ridwan Rais No.9 TKT Telp. 081272385555, 07217501705, 085789889853

MESIN-MESIN MESIN ARANG Dijual cpt murah msn produksi arang batok kelapa msn 3x6, 4x8, siap pakai produksi 100 ton/bln. Hub.082185011855

MESIN CETAK Dijual mesin cetak merk Toko 810 & mesin potong kertas DQ201. langsung ke Lincah Store Jl.Pemuda 94 smpg Ramayana Tjk tlp.0721-257171

MUSIK KIA Musik jual beli alat music korg paso,roland, Yamaha, tecno, beyer, proel, jn.coostik, peavey, beringer,son or,pearl,roling,tama,leany.Ibanezo dll Pringsewu. Hub.081279942868. Jual sound system, confrem system, portable, wireless, alat karaoke & sound u/ meeting, seminar, resto, gereja, apartemen, hotel, ktr, hall, mall, band, kampanye, pemilu, orasi dll. Bs kirim/psg seIndonesia. Hub. GM MUSIK 267915, 081310415106 ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

CUCI GUDANG Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Allen & Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034 SINARTA musik pernikahan, sourmatua, orgen tunggal, pesta bonataon dlm & luar kota. Hub. 085216105475 Drs. Edison E. Sinurat. 

OBAT-OBATAN Produk Sensasional Mengatasi Mslah Kesehatan & Kewanitaan Organ Intim Wnt. Hub:0852-86872003

OBAT TELAT BULAN Anda telat bulan & lancar haid ?? Kini ada solusi cpt & tpt, ckp 1xpake dlm 3jam dijmn lsg lancar 100% bergaransi aman tnp efek smaping. Hb. 0853.56716666, 087893535666

PRINTING Cetak full color tanpa minimal order, 1 Lbr pun bisa, tanpa repot dilayani di tempat anda, banner, kartu nama, brosur, poster, souvenir dll. Kualitas harga pelayanan ok Hub. Percetakan Lintas Kreasi Jl. T. Umar no. 30 Bdl tlp. 081541339354 ( 24 jam ) Digital Printing stby 24 jam, melayani pembuatan benner, spanduk, baliho, Jl. Arjuna Gg. Kancil No. 7 Kp. Sawah TKT 0721 9325551, 0821 72350005

PELUANG USAHA Es- Batu charger ( pembeku Non- Stop / tnp listrik ) rakit sendiri Frizer sgl ukrn / tetap hidup saat PLN mati. Hemat rek listrik 50 % , dg cara mati / hidup-kan PLN tiap 24 jam SMS : 0852-1000-1955 Dahsyatnya Bisnis Forex ! Modal Rp 5 Jt Profit 50% selama 25 hari T.02295404446/SMS“Minat”087780470333 www.mbankshelin.com.

PENDIDIKAN MAGANG KE jEPANG Mau Magang Kejepang Jalur IMM & Swasta,Belajar bhs Jepang Dulu di Kaneru Japan LANGUAGE,(Dibuka Class Untuk Pelajar,Mhsiswa dan Umum) Cp (0853-20414894 / 081957104283) Andi

properti ARSITEK OA S E A r s i t e k t u r b e r p n g l a man merancang bangunan rmh tinggal,ktr,bangunan.hb:081272634488BAHAN BANGUNAN D o u g h l a s A r i s t e k t u r. R a n cang+renovasi: rmh, rk, gdg (hrg mrh) Cont: 081279448120, 081272112499. Trm panggilan konsultasi (Sabtu tutup).

ALUMINIUM Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

FOLDING GATE BINTANG FOLDING GATE khusus terima Pesanan Pintu Folding Gate. Hubung segera Jl.Raya Natar Km 16 No.8 A Srimulyo 1, Pemanggilan Natar TELP. 0721774905, 7324723

PAGAR ELEKTRIK Spesialis Pembuatan Pagar Elektrik/ Pagar Remote,Portal Elektrik.Hub: Jl Yos Sudarso Km 10 B.Lampung.Tlp 0853-57542499

GUDANG DISEWAKAN Disewakan Gdg tertutup Ls 2340 m2 & open storage 72 x 36 u/ masa Des’2011 s/d Juli 2012 di jl.Ir.Sutami No.225 TK Timur Bdl + 8km dr Pelabuhan Pjng. Hub. 0811722018.

KANTOR & GEDUNG DIjUAL/DISEWAKAN Kantor 9x12m & Gdg 12x15m dgn tnh 1.336 m,SHM, IMB, Jl Tirtayasa Gg.Suharto min 5 th, Hub: 0811722018

KEBUN DIjUAL Kebun sawit 10,5 Ha, Ds. Sukadana ilir Kec Bunga Mayang LU, hub. 08127901445

KOLAM DIjUAL KOLAM IKAN cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/ nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

RUMAH DIjUAL Jual rmh jl.Tupai/Bakti No.21/40 Kedaton. 2 rmh LS Tanah 489 M2 SHM No.9948/SDD Tanpa Perantara.Hrg Nego. Hub: 0812-35496903 Rumah Lb/ Lt 900/260, 4KT, 2KM, lst 1300W, garasi pisah rumah induk jl. Kamboja III Labuhan Dalam BDL telp. 085383844422

Jual rmh tgh kota 150m2 jl.Rdn Intan Gg TK Darma Wnta Banding Agung Hrg 210 jt. Tlp 087819078189 Rumah dijual Jl. Jend Gatot Subroto No.9 pahoman b. Lampung, SHM, Lt/ Lb : 390/100 Hub. 081379764599, 081279260956 Dijual Cepat Rumah Griya Sukarame Blok E2 No. 24, Harga Rp 125 jt/ Nego. Hub: 785412 RMH Perum Ragom Gawi F1/16 Kemiling Permai, LT/LB 130/75, 3KT, s.bor, grs, 300 m dr Samsat. Hb. 0813.69112128. Dijl Rmh jl Rajabasa II Blok D No.10/57 Perumnas Way Halim dkt Pasar dilewati Angkot,Km4,Listk 1.300,Pm,Telp LT:141 M2,SHM,Garasi,Nego.Hp:085384358510 & 0853-57569324 Dijul rmh Perum Griya Sukarame Blok G 3 No 19, 3 KT, 2 KM, Ls : 120 M2 Renov. Nego Hub : 081279266310 Rmh LT 300m, bgnn full, SHM, 3KT, 3KM, r.krja, musola, gdg, grs, Perum Korpri. Hub. 0816402728 Rmh dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216,jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348

DIKONTRAKKAN Rmh di jl. Turi Raya Perum Graha Madu Pesona Kap 104 fas. 2KT,1KM,carpor t, air lisk Hub: 081333044435/081996858927

DIjUAL- DIKONTRAKAN Rumah baru renov Villa Citra 2, LT 249m2, LB 225m2, 3KT, 3KM, hub. 08154061111

TANAH & BANGUNAN Tanah & bangunan LT: 1200 m2, LB: 230 m2, jl Ratudibalau No. 88 Tj. Seneng B. Lampung (cck u/ Ruko atau distributor) Hub : 0811728622.

RUKO DIjUAL Jual RUKO lok.strtg 3 Lt Jl.Pemuda 84 smpg Ramayana Ps Bawah T.Karang 750 jt nego. Hub.0721-250130. Dijual Ruko 3 Lantai. jl.Pemuda No.94 Samping Ramayana,Pasar Bawah. Hrg 750 jt /Nego. Minat Hub 0721-250130 / 021-3153779 Ruko 2,5 lnt, 4x28 m2, SHM, lnt atas wallet 450 Jt, jl. Ikan Tenggiri 64 (petojo es) Hub : 08127977773

I 20

Pariwara

KAMIS, 2 FEBRUaRi 2012 lampung post

Ruko jl. Imam Bonjol No. 236C, 3LT, Dd. Air T. karang Barat. Hub. 082191148857, 081369319234, 081272557272, AN. H. Muslich Nurjaya (T. Perantara) Ruko M.M Laga Ligo Jl. G. Subroto No. 10 Pahoman, 4 pintu. Hub. 082191148857, 081369319234, 0812 72557272, An. H. Muslich Nurjaya (T. Perantara)

TOKO DISEWAKAN Sewa Toko utk Anda Mau Usaha di Pringsewu.Hub :08154020098

TANAH Djl tnh 6000 m SHM hrg 230/m nego jl.S.Hatta by pass blkg Ktr Camat Kedaton. Hub. 0815.40885590 Tanah Luas 4600 M2, Jl. Ry. Kalianda , SHM, Rp. 125.000 / M Hub. 081379764599, 081279260956 Dijual tanah & Bangunan, Cucian Mobil kali balok Jl. P. antasatari No. 156 LS. 2367 M2, SHM, tanpa perantara peminat serius Hub. 081905820777 Tanah Ls 16.5 x 22 m2, SHM, jl. jati Durian Payung T.Karang Pusat. Hub.0853.69441100

TANAH KAVLING Dijl tnh Kavling dgn berbagai ukuran. jl AMD Kota Jawa Kel.NOG.TBB dkt Citra Garden hrg mulai 35jt/Kav. Hp.0878-99331993,0721-7539918 Tnh Kav jl.U.Suropati Gg.Yudistira Kel.Harapan Jaya dkt lpgn Golf Sukarame LS:10X16 M2.Hub:087899331993 & 0721-7539918 Tnh Kav.LT:300M di Sukarame sesudah Permata Biru BDL, Nego Hub:085384358510 &085357569324

LAMPUNG UTARA Dijual BU rmh+halaman di Kotabumi, LB 400 LT 11.250 m2, ada kolam ikan, pgr jln raya, SHM, 700 jt nego. Hub. 0813.80548788.

LAMPUNG TIMUR Dikntrkn Ruko 2 pintu/2 Lnti & 2 pintu /3 Lnti jl.Pasar Semarang Baru Lamtim Hub: 08127216329 & 0721-265996

WAY KANAN Dijual cpt rmh 15 x 15M dpn ktr pemasyarakatan (LP) Kab Way Kanan Kampung Negri Baru. Htg Nego Hub: Rosnani 0821-83669526

OBAT TELAT BULAN Anda Telat? Produk Import untuk telat 5-7 Jam pasti Lancar aman & bergaransi. Hub : Apotek Sinar Farma Jl. Ampera 88-B Tanggerang Hp. 085330091112 GARANSI LUAR KOTA Obat dipakai baru dilunasi.

PRIVAT Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330/0857-68003557 Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269 

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 80 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 08538151888 PONDOK INAP ANTASARI/ Penginapan & Homestay & kost: harian / mingguan / bulanan, Fas : AC/TV, KM didlm, parkir luas, aman Hub: 07213651116 & 082183437171 Jl. Antasari 171 Bdl hrg mulai 75 rb/hari

PENGOBATAN Sedia obat herbal batuk, tifus, kencing manis, asam urat, alergi, anak & dewasa. Hub. Bashir 087899296123. Ekstrak ikan gabus sari mina, asli, dpt naikan kdr albumin, prs penyembuhan stroke, kanker. Hub. Evi 081377752488

TERAPI BEKAM & HERBAL “solusi sehat, alamiah, ilmiah, ilahiah” sangat efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit. Gadingrejo Pringsewu. Hub. 08127910037

RUPA - RUPA KUNCI & REL GARASI Pasti mrh & berkualitas cek dl harga tmpt lain baru beli disini : kunci komplt 60 rban, engsel stenlis 15 rban, Cavel 55 rb, Engsel plat 6-10 rb, Body Ses 120 rb, Solid 90 rb, Berluci 60 rb, pnt panel press 500 rb, rel tikung 550 rb, P. besi tikung 2 Jt/daun Hub : 07219371367, 268399 & 081369229729.

SANGGAR BUNGA Sanggar Bunga Fanny, menerima pesanan bunga papan medan (sewa) & bunga segar Jl.jend.Sudirman No.110 tlp.0721-9928989, 3666219.

SPA Diamond’s SPA Family Healt SPA, Menerima Massage,Lulur Sauna dll P/W Pringsewu. Hub 072922550

SERVICE DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812 RIZKY Service kulkas, p. air, mesin cuci, AC, Dispenser, water heater, k.gas, tbg elpiji, k. angin, m.com, J.beli AC baru&cuci AC. Hb. 7506931, 082185021331. GRANSI 6 BLN SERVICE PANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub.  081272590428

SUMUR BOR “RIZKY BOR“Menerima Pembuatan Sumur Bor Mesin,Service Pompa air,Gulung Dinamo,Instalasi dll Hub:085367519001, 081379136574

SUPRANATURAL Memenangkan 99% Pilkada jika anda berminat (yakin) Hb.Bp.Andrea 081957040070 (tdk mlyni SMS)

VIDEO SHOOTING BDU production terima company profile, praweding/weding, video shooting. Hub. 0721-77724439779900

LOWONGAN Cari Fee Sponsor menarik B.Sitter/ Perawat untuk kerja di Jakarta Gaji sm dgn di S’pore & Malaysia. Hub.Tlp/SMS 021-7506661/081399621114

Diamond’s SPA & Salon bth karyawati min SMA, tanpa keahlian khusus, berpenampilan menarik. Hub. 072922550

PT Multi Top Sarana membutuhkan tenaga kerja wnt u/ diposisiskan sebgi staf administrasi umur min 25 th max 35 th pendidikan D3/S1, Lamaran diantar langsung ke alamat : Jl Perintis Kemerdekaan No 159 Tanjung Gading Tanjung Karang Timur Bandar Lampung Telp : 0721-263714

Bth cpt Baby Sitter, peg toko & resto u/ Jkt & Batam, gaji 1- 2 Jt, tdk ditmpg(lsg terbang lsg kerja). Hb. 0812.25085900.

Dicr Staf Produksi & Adm, Wnt, SMA u/ Bandar Jaya. Hub. 0815.41300435 tdk SMS MITRA PERSADA membthkn llsn min. SMU sdjrt utk dididik/dijadikan Guru TK/Paud.Hub. 0721-7389481, 085768322244. Dibthkn Seorang Wanita, SLTA, berbakat utk Pramuniaga Buku. Langsung ke Lincah Store Jl. Pemuda 94 Tjk smpng Ramayana. Dibutuhkan Pria, dinas luar kota, max 35 th, sopan, ramah, SLTA/sederajatm bisa bekerja dg team, memiliki SIM C, punya kendaraan bermotor. Lamaran diantar langsung ke Jl. Soekarno Hatta, Ruko Perum Bukit Kencana 3 No. 8 depan Tunas Supermarket by pass, Sukarame, Bandar Lampung Dibutuhkan 1 org SUPIR Untuk Keperluan Pribadi/Keluarga,Yang Berminat Langsung Kealamat Jl.P.Sembuku No.15 P.Antasari (Masuk Dari Sebelah Bank Muamalat) Seberang Kcp BCA Antasari. Diutamakan Memiliki Motor Pribadi.Hub:0812-7929785

Buana jaya Walet Jl.Kartini 98 (sbrg BNI) tlp.262686 jual alat-2 Walet, telur, sound sytem, Timer dll.

Ingin berkesempatan bekerja ke luar negeri yang aman & terjamin hanya di PT MMG bth pria/wanita, usia 18 s/d 35 th, Pria : job pabrik, konstruksi untuk dimalaysia gratis gaji ± 2 jt, wanita untuk di singapura uang saku 5 jt bersih + gaji ± 2,8 jt Jl. Pagar alam ( PU) Gg cendana no. 95 B kedaton. Tlp 0721 782227, 081272376199, 081541032777

DIBUTUHKAN SEGERA

LOWONGAN KERJA

WALET

SEDOT WC Sedot WC penuh, pipa-2 & westafel mampet hilangkan bau tnp bongkar paling mrh garansi. Hub.7400060

TIKET PESAWAT Tiket Penerbangan Cara Baru beli tiket Pesawat Murah & Mudah Reservasi Via SMS/Call/Email. Hub:0852-57200944. www nasional travel.com

SALSA/ YOGA/DANSA Membentuk badan jadi padat & berisi, mengobati stress. Hub. 0721473097

Dibutuhkan seorang Pengasuh Anak, untuk Anak Umur 8 tahun dan 12 tahun. Hubungi segera Hp 0812-7929785 Dbth Intertmen Karaoke luar pulau gaji 10 jt sd 15 jt/bln, kntrk hanya 3 bln, wanita cntk / mnrk, fas mkan/ mes grtis Hb. 081541032777 Dibutuhkan Segera Sopir Mobil Pribadi. Lamaran Antar Langsung ke Wisma Bandar Lampung,Jl.Zainal Abidin PA No.1 Bandar Lampung Dibutuhkan Financial Advisior min SMA/kuliah/krywn bisa part time income & jenjang karier pasti, krm lam ke e-mail d_andri@yahoo.co.id Perush expedisi bth sgr supir truk engkel/fuso/colt diesel, lintas sumatra-jawa, 30-40 Th, pengalaman min 2th, pnya ijasah asli pnddkn trakhir, pnya HP, Sim B1 umum, info lbh lanjut hub. Ari 082177960022, david 082181686693

NEEDED Academic Coordinator Requirements: - Male/Female - English spoken and written - Teaching experience - Managerial skill

Kami Perusahaan Obat Hewan yang berkembang pesat membutuhkan:

BAGIAN ADMINISTRASI

Persyaratan: - Pria, usia maksimum 25 tahun - Pendidikan minimum SMU – LEBIH DIUTAMAKAN D3 - MENGERTI KOMPUTER - Persuasif & mempunyai semangat tinggi - Memiliki SIM C Surat lamaran lengkap ditujukan ke:

PT ROMINDO PRIMAVETCOM jl. Griya Fantasi Blok 2 – D No. 17 Way Halim Permai – Bandar Lampung

Selambat-lambatnya 3 minggu dari iklan terbit

Hotel Bernuansa Exotic membutuhkan: 4 orang Karyawan (Sebagai Perawat Satwa) Persyaratan: • SLTA sederajat • Jujur • Max 25 th • Giat, terampil • Cinta satwa • Bertanggung jawab • Siap bekerja keras. Hub. 0721-9979799

- Creative & energetic - Able to operate computer

Send your application letter & CV Before Feb 10, 2012 to:

EASY ENGLISH Jl. H. Said No. 5 Kota Baru, B. Lampung

I 21

Pariwara

KAMIS, 2 FEBRUaRi 2012 lampung post

OTOMOTIF BENGKEL Bengel Mopiez,Motor Sport & JBB Presindo Menerima Pres sasis,Velg Racing,Segitiga Sohck. Hub: Tlp 085269297276

BOX & BAK MOBIL PERKASA MOTOR: Jual-Beli, TT bak baru, boks Kabin. Hub. 705054, 7570889, 08154043056

Xenia Li Spor ty ’ 09, seper ti baru, harga 112 juta nego, hub. n 081379766664

Sedan Prestige ’86, Be kodya, abu-2, body mulus, siap pakai, tidak menyesal. hrg nego,z Hub. 081379986809n

engkel Daihatsu Delta Bak’79, Be, pajak hidup, bak cargo, siap pakai. Hub. 0813.79986809 n

Civic wonder’86 abu-abu ac tape s,paki. Hub. RaJaBaSa MoToR .089631118222 n

Taft Hiline’92, hitam, 142jt/nego. Hub. 081541287866 n

JAzz idsi A/T ‘04 bensin, hitam , pjk bln 11, B, mulus, s. pakai, Cash & Credit hub. Melana 2 telp 0721 7529555 n

Daihatsu Feroza’94, hitam mulus, aC, TP, ban cangkul, p. sendiri, faktur, n VR, hub. 081272305000

CRV2.0 A/V‘03, bensin, abu2, pjk bln 6, Be, mls, s.pakai, Cash & Credit hub. Melana 2 telp 0721 7529555 n

Xenia ’04, gold, ac,tape, Hub. RaJaBaSa MoToR .089631118222 n

New CRV 2.0 aT’03, bensin, hitam pjk bulan 6, plat Be, Hub.0721 268706 n

Grand Max PU’2009, hitam Be kodya, kondisi oke dan mulus, hrg nego hub. n 0813795926692

Jazz IDSI ‘05, matic, silver, B, mulus, terawat, pjk panjang. Hub. 7493939, 085381467883, 081369587000 n

CV. SAMANIA. Cary/Futura 125 – 175 rb Bndra 100 PU/Kda 150-200, avz/ Xen/apv/Kjg 200-250, inv 300-350. Hub. 0721-7344447, 9901230

Taft Rocky’1987, ban 33, Be kodya, siap pakai. nego. Hub. 081279236565 n

Ciello’ 94, merah, B, full s.system, bagus banget & mls, nego, s. pakai. Hb.0813 69411030, 085378709022n

****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, innova, avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, n 0811.799813.

Xenia VVTI XI, 2006, bensin, hitam, pajak bulan 10, plat B, hub. RegiTa MoToR telp. 0721 701076 ( Cash & n Credit )

Honda CRV 2.0, AT, 04, hitam met, Be kodya, pajak Jan 12, KM Rendah, istimewa Hub. 0721. 7524751, 081369519239 n

**** ARLENDI RENT CAR **** Menyewakan avanza, Xenia, innova, Sedan Pengantin. Hubungi. 0857.68362979, 081279085447 n

Xenia Li VVTI, 2008, bensin, hitam pajak bulan 2, plat B, mulus, siap pakai, Cash & Credit hub. Melana 2 telp 0721 7529555 n

****** ALFAN RENT CAR ****** Menyewakan avanza, Xenia, innova, Sedan Pengantin. Hubungi. 07217525657 – 0813.69705657. n

Terios TX, 2010, bensin, hitam, pajak bulan 7, Be, , terawat, mesin ok, harga nego Hub. 0721266706 n

MOBIL PENGANTIN Disewakan MoBil PenganTin Mercy new eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117

MOBIL DISEwAKAN

JONI NIAGA RENT CAR: inova, Kijang Capsul, avanza, Xenia, aPV, altis, alphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 ******** OTO RENT CAR ******* ******** Xenia / aVanZa ******* ***** 200 rb/hari – 4Jt/ bln ******* ***** syarat mudah - harga murah *** Call 241241, 7301153, 081279773313 MINANGA OKU CAR , sedia : innoVa, aVanZa, Xenia, aPV, Hub: 0721 7165600, 0812 72056000 Disewakan mbl TOYOTA ALPHARD/ FORTUNER. Hub. 0721-7349118.

TOUR & TRAVEL ASSALAM TOUR & TRAVEL, lampung-Jakarta,lubuk linggau-Palembang PP,n sewa Mobil eBF Microbuss. Hub.081541015053

MOBIL DIJUAL

Luxio, th 2009, hitam, Be, mulus mesin oK, s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n Grand Max Blind Pen 2011, hitam, Be, terawat, s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n Taft Hiline’92, hitam, 142jt/nego. Hub. 081541287866 n

DAEwO Daewo th 02 model Spark plat Be warna biru pajak panjang siap pakai 46 Jt/ng. Hub : 07217389077

FORD Ford Ranger’2005, silver, Be, Hub. 081369587000, 0721 7493939 n Ford Langer 2,9, th 2005, silver, Be kodya, s. pakai, pajak panjang. Hub. 7493939, 085381467883, 081369587000 n

HONDA

Honda stream MT Tahun 2005, Toyota yaris e tahun 2007, Kijang inova V tahun 2006, disel, inova g, bensin tahun 2005 & 2006, Panther touring tahun 2002, Panther lV tahun 2004, Panther lM tahun 2005, Suzuki aPV tahun 2007, Baleno tahun 97, yang berminat, Hub, BUDI wAHANA MOTOR Jl. Raden Intan No 68 T. karang ( depan BRI ) n

DAIHATSU Gran Max PU 1.3’10 Hitam 75 Juta nego, Bisa Kredit. Hubungi: 082178889567

Accord Vtil 2006 Silver, a/T,Be, Terawat istimewa Hub:0811793252, 0811797420 Accord 2.0’00 Be, VR/BR, aC, rmt,Hijau Met, 90Jt. Hb.0721-3624000 Jl.Rd.Rais 68 Kedamaian. Grand Civic’91,B,VR/BR,aC,rmt,sound system,Htm,49jt. . Hb.0721-3624000 Jl.Rd.Rais 68 Kedamaian. City z’01,B,VR/BR,aC,PS,PW,Silver.. Hb.0721-3624000 Jl.Rd.Rais 68 Kedamaian.

Dijual BU zebra zL 1300’2004, ac, coklat metalik pjk baru harga 54 jt nego hub. 087832001080

Honda Jazz IDSI’05, Mt, HTM, RT, R, TV, Plat B, Pjk 1 thn,ex DR. Hub: 0721485330, 087899473350

PROMO DAIHATSU all neW Xenia TeRioS gRanD MaX PU gRanD MaX MB SiRion lUXio

Accord 2.0’00 Be, VR/BR, aC, rmt,Hijau Met, 90Jt. Hb.0721-3624000 Jl.Rd.Rais n 68 Kedamaian.

DP Rp 24 Jt-an DP Rp 23 Jt-an DP Rp 10 Jt-an DP Rp 15 Jt-an DP Rp 23 Jt-an DP Rp 17 jt-an

Free Jasa Service 50.000 KM, melayani liwa, W.Kanan, T.Bawang, Kt.Bumi, Tanggamus,Kalianda dll. Proses mudah & cepat. Hub. ANGGA DAIHATSU 0813.69538676, 3661581.

Grand Civic’91,B,VR/BR,aC,rmt,sound system,Htm,49jt. . Hb.0721-3624000 Jl.Rd.Rais 68 Kedamaian. n City z’01,B,VR/BR,aC,PS,PW,Silver.. Hb.0721-3624000 Jl.Rd.Rais 68 Kedamaian. n Jazz ‘2005, matic, silver, plat B, Hub. 081369587000, 0721 7493939 n

ISUzU BU Panther Pick Up’2000 Solar, Biru, Be, pajak hidup, siap pakai, hrg 70 Jt ng, mesin ok. Hub. 9971128 (no.SMS) Panther’ 06, plat B, hitam, siap pakai hub. 081369587000 n Panther’05, hijau, plat B,istimewa, siap pakai hub. 081369587000 n Panther’04, plat B, biru, orisinil, c a t m u l u s , s i a p p a k a i h u b. 081369587000 n

Paket Mitsubishi Awal Tahun TS dp 8jt,angs 2.664.000x47 bln, l300 dp13,5Jt angs.4.074.000x47 bln. Hb,. aan 081279100499

Suzuki Karimun Estilo’08 Plat Be, Warna Ungu, Velg Racing, bodi kit, kondisi bagus sekali. Hub. 0813.79492222

L300 PU’08, Be,PS,Hitam,ex mebel. 114Jt. Hb.0721- 3624000 Jl.Rd.Rais 68 Kedamaian.

Jimni’82, 4x4, putih sahara, PS, aC, tanduk, 45jt. Hub. 085768089144 n

L300 Pick up’89 Solar, Be, pajak baru, siap kerja. Hub. 0853.69441100 L 3 0 0 P U ’ 0 8 , B e , P S , H i t a m , ex mebel.114Jt. Hb.0721-3624000 Jl.Rd. Rais 68 Kedamaian. n Kuda GLS Diesel 2,5 ’01, Be, aC, VR, BR, TR, Hitam Met, PS, PW, 79 Jt. Hb. 0721-3624000 Jl.Ridwan Rais 68. n

J.Katana’ 96, merah, Be, s. pakai mulus mesin oke Hub. 081369450489 n

Mitsubishi PS 120’2002, siap pakai. Hub. 0811.724576. n

Futura GRV, 00 biru muda, orisinil, 55 jt nego, bisa cash & credit Hub. 081379766664 n

Mitsubishi PS 120’2005, siap pakai. Hub. 0811.724576 n Lancer’ 90, putih, bdi kaleng, new, aC, PS, PW, Tape, pjk hidup, Be kodya, nego. Hub. 081379008866 n Colt Diesel PS 120’ 94, siap cari duit Hub. 081379986809 n Kuda ‘00, hitam, Be, ors, terawat, siap pakai bisa cash & credit Hub. 081379766664 n

Panther Grand Deluxe ’96, Be, aC, PS, PW, VR, BR, TR, Merah, 60 Jt nego. Hubungi 0721-3624000 Jl.Ridwan Rais 68. n Panther Royal 2.5 Th’97, Be, aC, PS, TR, Biru Met, 66 jt nego. Hb. 07213624000 Jl.Ridwan Rais 68. n

MERCY Mercy C 180, th 1994, silver, plat B, s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n Mercy F 300, th 1992, hitam, Be,s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

MITSUBISHI TS 120 SS Pick Up Th’2007 Be, Putih, Pajak Panjang Harga nego,Kondisi Bagus Hub:0813-69736469

Futura MB ’93, hijau, s. paka, mesin oke, hrg nego, Hub. 081379986809 n AVP arena GX 2008, bensin, hitam, pajak bulan 5, plat B, terawat, mesin ok, harga nego Hub. 0721266706 n AVP GL, th 2009, Be, hitam, pajak baru, s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

Colt Diesel’96, body mulus, s. pakai, bak tinggi, hrg nego Hub. 081379986809 n

Kuda Grandia 1.6, 2002, bensin, coklat, pjk bulan 7, Plat Be, mulus l/D harga nego Hub. 0721266706 n

NISSAN Nisan X-Trail’2004, abu-abu met, terawat dan mulus spt baru, mesin oke, hrg nego. Hub. 081396161683 n NISSAN TERANO’97, silver, hrg 85 n jt.ng. hub. 089631118222 Grand Livina LXVI, 2007, bensin, hitam, pajak bulan 6, plat B, hub. REGITA MOTOR telp. 0721 701076 ( Cash & Credit ) n Grand Livina XV, 2007, bensin, abu-2, pajak bulan 1, Be, terawat, mesin ok, cash & credit ,Hub. 0721266706 n

OPEL Blazer LT 16 V, ‘98, silver, B, mulus & terawat, pjk panjang. Hub. 7493939, 085381467883, 081369587000 n

SUzUKI Sedan Suzuki SX4’07, mulus sekali, jrang pakai, Silver. Hub. 0811.728748 APV-X’05, PSPW, aC DB, 2 Din, Coklat Met. Kondisi Sip 95jt nego. Hub:08127309849 Suzuki APV DlXMT Type gC 415V, Minibus th’05, abu2 Metalik Plat Be,Ban Radial, aC. Hub 081369055452 Hrg nego Carry Box 1.0’00, Putih, 35 Jt. Hb.0721-3624000 Jl.Rd.Rais 68 Kedamaian. n

Toyota Rush Tipe g Desember’07, KM 58, Be, Htm, mls, trwt, tgn i, hg 165 Jt nego. Hub.0812.72512777, 7360404 inova V Warna Hitam 2006 Plat Be Pajak Bulan 8 Mulus Rp 170 jt Damai Full Variasi Hub:0812-72636666 Dijual Land Cruiser’97 Solar, warna graphite Metalik, tipe VX. Hubungi: 0813.69153999. Kijang LGX’97 bensin, mulus, Be Kodya, harga 97 jt nego.Hub. 0812.71769398 Hardtop’82, Bensin,Full Modif, gagah, Hijau, Khusus Hobby,Bodi Kaleng Hub:081802469692

Baleno’ 00, biru ac tipe, s.pakai, . Hub. RaJaBaSa MoToR .089631118222 n APV GE, th 2010, putih, Be, s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

TIMOR TIMOR ’00, dohc, be, merah , rt, full, interior, 38 jt nego, bisa cash & credit Hub. 081379766664 n Timor’01, silber, B, 40jt/nego. Hub. 07217380904 n

OVER KREDIT Timor SOHC’97, B, pajak hidup, aC/ PS, Tape, plg DP 22 Jt nego, sisa angs 18 x 1.3 Jt. Hub.0852.13856129.

TRUK DIJUAL Truck dyna ET 110 th 2008, terawatt siap kerja hub. 08127901445 Truck Rino PS115’96, Be, orisinil, siap pakai Hub. 081379986809 n Truck Rino/Dump Truck th’1991, merah, plat B, s. pakai dan siap kerja berat, hrg nego, Hub. 081379986809n

Inova type E’ th 2007, merah, Be, orisinil, mulus, s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

Kijang LGX’ 02, B, biru, mulus, full ak sesoris, nego Hub. 085381467883 n

Avanza type G, th 2006, hitam, Be, s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

Suzuki Smash Titan‘2010, merah hitam, Be lamsel, motor masih mulus. Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

Inova G th 2008, solar, hitam, pajak bln 9, plat B, mulus, terawat s. pakai, nego. Hub. 0721266706 n

Suzuki Smash’2008, hitam, mulus, s. pakai, nego, bisa cash/credit. Hub. n Bagus Motor 081379723355

Kijang Inova G, th 2005, bensin, silver, pajak bln 2, plat B, mulus, terawat s. pakai, nego. Hub. 0721266706 n

Smash Cw’2007, merah hitam, 7jt/ nego. bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n

Yaris tipe E’06, metik,hitam km msh 30 rb, B, tgn pertama/wanita, nego Hub. 085381467883 n Kijang PU’91 Biru &’92 putih hrg 42,5 Juta nego, mls, siap pakai. Hb. 0721-705054. n Kijang ‘ 95, abu-abu met, ac tape, Hub. RaJaBaSa MoToR .089631118222 n Avanza’ 08, gold, ac,tape, s.pakai, Hub. RaJaBaSa MoToR .089631118222 n Inova G’2006, silver met, bensin, plat B, siap pakai, kondisi oke dan mulus, hrg nego hub. 0813795926692 n

OVER KREDIT Kijang Inova Type G’2007 euro, full variasi, Dp. 70jt, siap pakai. Hub. n 085279986688

METRO

Suzuki Smash’2010, biru, velg jarin jari. Hub. 081369635666

Suzuki Thunder 125cc’2008, hitam, Be, hrg nego, Hub. 081369635666 n Suzuki Sky wave 125cc’2008, biru, mulus, s. pakai, nego, bisa cash/credit. Hub. Bagus Motor 081379723355 n

Altis type Z’2002, silver met, mulus dan terawat, hrg 123jt/nego. hub. 081369161683 n

Suzuki Spin 125cc’2008, merah hitam, mulus, s. pakai, nego, bisa cash/credit. Hub. Bagus Motor 081379723355 n

Panther LV Th’2001, Biru, Be, VR, PS, CD, aC, remot, nego. Hub. 0857.69229614

Suzuki Smash’2006, silver, VR, Be, n hrg nego Hub. 081369635666

LGX EFI 1,8’03 , Be, aCDB, PS, PW, rmt, Biru Met, 137Jt. Hb.0721-3624000 Jl.Rd.Rais 68 Kedamaian. n

Camri’2004, hitam, harga 176jt/ nego, siap pakai, mesin ok hub. 081369161683

Colt SS 120 PICK UP TH 2010, Hitam, Be, Pajak baru,Jarang Pakai SPRT Baru. nego Hub:0853-79961143 (Bu ayu)

Suzuki Smash’2009, gold hitam, Be kodya, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

Grand Extra SGX, 96 siap pakai harga 75 juta. Hub. 08127937256, 07217553110 n

Avanza G VVTI 2008, bensin, hitam, pajak bulan 1, plat B, , hub. REGITA MOTOR telp. 0721 701076 ( Cash & n Credit )

Great Corola’94 Be,VR 17,aC,CD.Siap Pake, Cakep, hrg 71 jt,nego. Hub:081369212139, Metro

Kijang Lx’ 04, aCDB, PS, harga 108 juta nego hub. 081379766664 n

Sedan Vios Matic’07, Plat B 1 angka, Silver, KM 39 rb, 147 Jt. Hb. 07213624000 Jl.Ridwan Rais 68. n

Baleno’ 00, biru ac tipe, s.pakai, Honda city’05, coklat muda, ac, tape, s. pakai, avanza’ 08, gold, ac,tape, s.pakai, Xenia ’04, gold, ac,tape, Civic ’97, merah met, ac, tape, Kijang ‘ 95, abu-abu met, ac tape, Civic Wonder’86 abu-abu ac tape s,paki. Hub. RaJaBaSa MoToR .089631118222 n

Yaris Type S’2006, mobil sangat terawat dan mulus seperti mulus, hrg 137jt/nego. Hub. 081396161683 n

Futura Pick Up 2007 bulan 12, Be, Bak Cargo, Biru, sasis mulus, hrg nego. Hub. 081928291177

LGX EFI 1,8’03, Be, aCDB, PS, PW, rmt, Biru Met,137Jt. Hb.0721-3624000 Jl.Rd.Rais 68 Kedamaian.

Dijual cpt Toyota Soluna th 2001 wrn Silver/pilih warna sendiri, hrg mulai 32,5 jt. Hub: 021-94154080, 081311163084

Truck PS 120’94, siap pakai 85 jt, bisa cash & credit Hub. 081379766664 n

L 300 PU, 2010, solar, hitam, pjk bln 12, a, hrg nego. Hub. 0721266706 n

Panter Royal, th 1996, matic, biru, plat B, mulus dan terawat, pajak panjang. Hub. 7493939, 085381467883, 081369587000 n

Suzuki Apv X, 2007, silver, B, Hub. 081369587000, 0721 7493939 n

Mitsubishi Engkel’2005 Box, siap pakai. Hub. 0811.724576. n

Panther LM 25’2006, silver met, solar, plat B, pjk panjang, orisinil, kondisi oke dan mulus, hrg nego hub. 0813795926692 n

Panter LM-LV, th 2004, silver, plat B, mulus dan terawat, pajak panjang. Hub. 7493939, 085381467883, 081369587000 n

Swift ’2007, abu-2, Be, Built-up, Hub. 081369587000, 0721 7493939 n

CARRY’2002, abu2 met, hrg 80jt/ nego. hub. 089631118222 n

Grandia 2.0, 2003, bensin, silver, pjk bulan 11, B, , Hub. RegiTa MoToR telp. 0721 701076 ( Cash & Credit ) n

Panther PU, 2001, solar biru, pajak bulan 7, Be hub. 0721 253817 n

Forsa’ 86, merah, plat D, msn katana, siap pakai nego hub. 08992283077 n

Mitsubishi Engkel’2004, siap pakai. Hub. 0811.724576. n

Panter Pick Up’2007, kondisi masih bawaan, hrg 97jt/nego. Hub. 081396161683 n

Panther LS’2001, matic, plat B, biru met, kondisi oke dan mulus, hrg nego hub. 0813795926692 n

F U T U R A’ 2 0 0 4 , m e r a h , s i a p pakai, harga 58 juta nego, hub. 081379766664 n

TOYOTA Kijang Capsul LGX’02 otometic 2000 CC Biru Hrg 100 jt nego.Hb:082178353535

Avanza S’08, silver Be kodya, VRBR, aC,PW, kondisi oke dan mulus, s.pakai, hrg nego hub. 0813795926692 n

Kijang LGX, 2001, solar, coklat, pajak bulan 12, plat B 3 digit, , hub. RegiTa MoToR telp. 0721 701076 ( Cash & Credit ) n Kijang LGX 1.8 NM, 2003, bensin, biru, pajak bulan 7, plat B, , hub. RegiTa MoToR telp. 0721 701076 ( Cash & Credit ) n

Truk Dina 125 HT Th’04, Merah, 118 Jt. Hb. 0721-3624000 Jl.Ridwan Rais n 68.

Kijang LGX 2.0 NM 2003, bensin, kuning, pjk bulan 1, plat B, hub. REGITA MOTOR telp. 0721 701076 n (Cash & Credit )

Avanza Tipe E Press Up’2008, Hitam metailk, pajak baru, bag, istmewa. 0813.69519239. n

Inova G 2007, bensin , silver, pajak bulan 3, palt B, , hub. RegiTa MoToR telp. 0721 701076 ( Cash & Credit ) n

Sedan Corona Ex Saloon’87, B, Merah, 25 Jt nego. Hb. 0812 72241557 n

Kijang Inova G 2004, bensin, hitam pajak bulan 11, plat B, mulus siap pakai, cash & credit, hub. REGITA MOTOR telp. 0721 701076 (Cash & Credit) n

Kijang LGX Solar’01, Coklat gold, 65 Jt nego. Sisa 24 bln lagi. Hb. Bp. ayub n 0812 72241557 Kijang Grand MB’96, Hijau, mulus, n Plat B, nego. Hub. 705054 Sedan Corolla DX’81, B pajak hidup, aC, body mulus siap pakai, Cash & n Credit Hub. 081379986809 Kijang Kapsul SX’97, biru, Be, mesin & body bagus Hub. 081369450489 n Kijang Super Excite, solar, aCDB 78 jt nego, bisa cash & credit Hub. 081379766664 n Kijang SSX’97, hijau met, super bagus plat B 80 jt, bisa cash & credit Hub. 081379766664 n Kijang Super’88, merah, vr, br, ac, rt, 37 jt nego, bisa cash & credit Hub. n 081379766664

Avanza G 2006, bensin, hitam pajak bulan 5, Plat B dua digit, mulus siap pakai, cash & credit hub. MELANA IV n telp 253812 Kijang LGX, 2000, solar, silver, pajak bulan 11, orisinil, palt B, mulus siap pakai, cash & credit hub. MELANA IV n telp 253812 Kijang LGX 2000, solar, coklat, pajak bulan 10, orisinil, Be, mulus siap pakai, cash & credit hub. MELANA IV telp n 253812 Vios G 2003, bensin, silver, pajak bulan 11, plat B, mulus, siap pakai, Cash & Credit hub. MELANA 2 telp 0721 7529555 n

Corolla Al New th’1997, hitam, body orisini, mulus dan terawat, s. pakai. n hrg nego, Hub. 081379986809

Kijang Krista ‘00, solar, biru, pajak bulan 10, plat B, mulus, siap pakai, Cash & Credit hub. MELANA 2 telp n 0721 7529555

Kijang LGX’2001, diesel, biru muda metalic, terawat dan mulus spt baru, mesin oke, hrg 116jt/nego. Hub. n 081396161683

Inova G 2005, bensin, silver pajak bulan 1, palt B, mulus, siap pakai, Cash & Credit hub. MELANA 2 telp 0721 7529555 n

MOTOR DIJUAL Ninja 250 cc 2006,bulan 12, Merah, Pajak Panjang, Motor msh standar, Mulus,Jrg Pakai Hub:0821-83657999

Suzuki Shogun’2008, silver hitam, mulus dan terawat, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa n cash/credit

Dijual motor RX-King 2003 Sip ori Jialing KCl 2003 Sip ori.Hub:089631001699/0815-40862525

Viva Mercury z’2008, biru hitam, Be lamsel. Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

Mio Soul bln 4 Th’2011, Merah, ada asuransi, 12,5 Jt nego. Hb. 085380672578. n

Viva’2010, hijau, Be kodya, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

Vixion ’09, hitam Be kdy, mesin oke, mulus terawat sekali, + Helm harga 17 jt nego Hub. 087899946603 n

Yamaha RX King’2004, biru, Be lamsel, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

Honda Mega Pro’2007, hitam, mulus dan mengkilat, full variasi bergaya touring + box givi sh33, VR 17 tapak lebar palang 3, hrg 15,5jt/nego. Hub. 085266894900 n Yamaha Vega R’2005, hitam orange, mulu, mesin masih grass, hrg 6,5jt/ nego. Hub. 081369342793 n Jialing’2002, merah ducati, mesin masih oke, tangan pertama, harga damai, Hub. 082181322987 n Jialing’2011, hitam, Be lamsel, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n Revo Vit’2011, hitam, masih seperti baru, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n Supra X’2006, biru, Be kodya, mesin oke, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n Honda Revo’2010, hitam, mesin ok, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n Supra Fit X’2008, silver hitam, 6,75jt/ nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n Vario’2007, merah hitam, hrg 7,5jt/ nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n Absolute Revo’2010, hitam, hrg 8,6jt/ nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n Absolute Revo’11, hitam, seperti baru, mesin oke. Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

Mio Sporty’2009, merah maroon, Be kodya, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n Mio Sporty’2009, merah, mulus, s. pakai, nego, bisa cash/credit. Hub. Bagus Motor 081379723355 n Mio Sporty’2008, merah, mulus, s. pakai, nego, bisa cash/credit. Hub. Bagus Motor 081379723355 n Mio Soul’2010, hijau, mulus, hrg 9,5 jt/nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n Vega R’2005, orange, hrg 6jt/nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n Mio Soul’2009, merah, mulus, trawat. Hub. 081369635666 n Vega R’2005, biru, hrg 6jt/nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n New Vega’2006, silver hitam, VR, hrg 7,5jt/ng, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n Vega zR’2009, hitam, hrg 9jt/nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n

CMYK

±

CMYK

±

I 22

Ruwa Jurai

Kamis, 2 februari 2012 lampung post

LiNTaS

KONSERVASI bAdAK

TNWK Nantikan Kelahiran Anak ‘Ratu’

KWLT Kutuk Sikap Pj. bupati Mesuji

±

GUNUNGsUGiH—Komunitas Wartawan lampung tengah (KWlt) yang diketuai m. lutfi (wartawan lampung post) mengutuk keras pernyataan tidak terpuji penjabat (pj.) Bupati mesuji albar Hasan tanjung terhadap segan petrus s., wartawan Radar lampung. menurut komunitas jurnalis terbesar di lampung tengah tersebut, pernyataan pejabat publik itu tidak mencerminkan sosok pejabat yang baik. Koordinator lapangan aksi damai tersebut, gunawansyah, menuturkan segala bentuk kriminalisasi dan arogansi terhadap awak media harus dihapuskan. “gubernur harus menyikapi ini. Copot dan adili pj. Bupati mesuji albar Hasan tanjung,” ujarnya saat unjuk rasa di depan tugu Kopiah, gunungsugih, Rabu (1-2). Dalam aksinya, para jurnalis lampung tengah tersebut membawa spanduk bertuliskan kecaman terhadap albar Hasan tanjung. (LUT/R-2)

Nelayan Keluhkan Tangkapannya Turun

KaTiBUNG—nelayan di Kecamatan Katibung, lampung selatan, beberapa hari terakhir mengeluhkan hasil tangkapan yang turun drastis. penurunan hingga mencapai 50% akibat cuaca ekstrem. ahmad sahibi (44), seorang nelayan di Desa Rangai tritunggal, mengatakan kini untuk melaut terkendala angin kencang. angin itu berpengaruh pada tingginya ombak sehingga riskan bagi keselamatan. “Dengan kondisi cuaca seperti saat ini, termasuk riskan untuk melaut, di samping itu juga hasil tangkapan menurun cukup drastis,” ujarnya. padahal di desa itu sebagian besar warga menggantungkan hidup dari penangkapan ikan di laut. Warga yang merasa dirugikan itu mulai dari nelayan, pengepul ikan nelayan atau pelele, maupun pedagang ikan keliling. “ada 70 orang nelayan laut, 35 orang pelele, dan 35 pedagang ikan keliling,” kata sahibi yang juga sekretaris Desa Rangai tritunggal. sembari menunggu cuaca mulai bersahabat kembali, waktu digunakan nelayan untuk memperbaiki perahu dan jaring. mereka berharap agar kondisi saat ini cepat membaik sehingga bisa melaut kembali dan hasil tangkapan kembali normal. (USD/D-2)

LPA Desak Aparat Tangkap 4 Pemerkosa

±

Yuwono Prambudi, saat ditemui di Mapolres Lamteng kemarin (1­2). Eko berharap polisi segera me­ nangkap empat pelaku yang saat ini diperkirakan sudah melarikan diri. Selain untuk menegakkan hukum, keempat pelaku telah melakukan kejahatan terhadap anak di bawah umur. “Pelaku diancam UU Perlindungan Anak Pasal 81 dan 82 dengan ancaman pidana 15 tahun,” ujarnya. Sebagai langkah penyembuh­ an mental, LPA Lamteng bekerja sama dengan LPA Lampung memberikan bantuan bimbingan psikologis. Diharapkan keja­ dian yang telah menimpa kor­ ban tidak akan menjadi beban yang sangat berat. “Memang untuk menghilangkan secara psikologis itu tidak mungkin, tapi kami berusaha memberikan pandangan dan bimbingan un­ tuk meringankan beban mental korban,” ujarnya. Sementara itu, Kasubbag Hu­ mas Polres Lamteng AKP Jhon Kennedy menjelaskan saat ini pihaknya masih mengembang­ kan penyelidikan dan penge­ jaran kepada keempat pelaku. “Kami tetap berusaha karena biar bagaimanapun tugas kami adalah melindungi dan me­ layani. Secepatnya kami akan hadapkan pelaku pada hukum,” katanya. (HER/D-2)

PRAKTEK LAPANG

±

±

PT JPP Harus Izin ke Lamsel dalam pendalaman sungai di daerah perbatasan Kabupaten Lampung Timur dan Lampung selatan. Perusahaan itu juga harus membuat izin dari Pemkab Lamsel, karena kegiatannya juga berdampak bagi warga Lamsel. Hal ini merupakan kesimpulan dari rapat dengar pendapat antara Komisi C DPRD Lampung Selatan, Camat Sragi, kepala Desa Bandaragung, dan dua pihak perusahaan yakni PT Wahana Pasir Sakti (WPS) dan PT Jaya Pasifik Propindo (JPP) di DPRD setempat, Rabu (1­2). Dalam rapat itu terungkap kegiatan ek­ splorasi Way Sekampung berdampak pada warga Desa Bandaragung, Sragi. Dengan demikian, perusahaan harus membuat do­ kumen analisis dampak lingkungan (amdal) dari Lamsel. Ketua Komisi C DPRD Lampung Selatan Taufiq David meminta alasan PT WPS dan JPP tidak meminta rekomendasi dari Lamsel. Padahal, mereka mengeruk pasir di perbatasan Lamtim dan Lamsel. Lalu, apa dasarnya melakukan pengerukan di Sungai Way Sekampung. “Kemudian juga pekerjaan pendalaman

sungai biasanya pelaksana dan dana pemerin­ tah, bukan pihak swasta seperti perusahaan penambangan pasir. Kemudian kami juga memanggil PT WPS, karena dari keterangan nakhoda kapal tongkang atas perintah per­ usahaan itu,” ujar Taufiq kemarin. Lebih lanjut dia menjelaskan rekomo­ dasi persetujuan yang telah ditandatangani masyarakat dan Kepala Desa Bandaragung Muhammad tidak ada tanggal dan waktunya. “Selain itu, berkaitan dengan lingkungan bu­ kan izin UPL/UKL. Tapi, Amdal,” katanya. Hal senada dikatakan anggota Komisi C Hipni. Menurutnya, kelengkapan dokumen perusahaan penambangan pasir yakni JPP harus diluruskan. Sebab, 400 KK di Dusun Kualajaya memiliki “tuan” yakni Lamsel bu­ kan penduduk Lampung Timur. Apabila ter­ jadi musibah yang akan mengeluarkan biaya bantuan adalah Pemkab Lamsel. “Sementara Lamtim yang dapat PAD­nya,” katanya.

satu Grup

Menanggapi pernyataan anggota Komisi C, Pimpinan Cabang PT WPS Usman me­ nyatakan perusahaannya tidak ada kaitannya dengan pekerjaan yang dilakukan PT JPP. Walaupun satu grup, sudah lain manaje­ men, sehingga tongkang milik PT WPS itu disewa JPP. “Kami dari pihak PT WPS jangan dili­ batkan dalam persoalan ini, karena yang bertangungjawab penuh dalam persoalan ini adalah PT JPP. Selain itu, PT WPS tidak pernah mengangkut pasir dan menjualnya ke Jakarta,” ujar dia. Hal senada juga disampaikan Direk­ tur Operasional PT JPP Burhanuddin. Menurut dia, pendalaman Way Sekam­ pung belum dilakukan dan baru sebatas persiapan. Mereka menambang pasir Way Sekampung, Lampung Timur, dengan masa kontrak kerja 5 tahun antara 2009— 2014 melalui Pemprov Lampung dengan membayar Rp96 juta/tahun. Sehingga, total pembayaran selama 5 tahun kepada Pemprov Rp480 juta. PT JPP juga bersedia meminta izin dari Pemkab Lamsel berkaitan pekerjaan berada di daerah perbatasan Lamtim dan Lamsel. (TOR/D-2)

Danrem Serahkan Babinsa ‘Nyantri’

bidangnya. “Di tempat praktek itulah para mahasiswa nantinya bisa mengaplikasikan ilmu dan wawasan yang didapatkannya selama di kampus,” katanya. Selain itu, mereka juga diharap­ kan bisa membedakan pengertian antara pendidikan dan ilmu pengajaran. Di antaranya, ba­ gaimana menghadapi karak­ teristik siswa yang beragam di sekolah, termasuk memahami dan menguasai berbagai hal yang berhubungan dengan proses be­ lajar. Kemudian juga bisa melatih dan mengenalkan berbagai ke­ terampilan yang harus dikuasai. “Sehingga mahasiswa mampu profesional di bidangnya dan dapat menerapkan kompetensi seorang guru,” kata Mukhtar. Sementara itu, Pembantu Ketua IV Husnul Fatarib menga­ takan kesempatan mahasiswa mengimplementasikan ilmunya. “Kesempatan itu akan mem­ berikan wawasan karena banyak yang didapat di luar teori dari kampus,” ujarnya. (CAN/D-2)

CMYK

KRIMINALITAS

Satu Malam, 3 Rumah Kecurian Nokia, dan uang tunai Rp600 ribu yang disimpan di tas. Menariknya, dalam aksi tersebut, salah seorang pelaku sempat bersembunyi di dalam rumah saat korban bersama warga sekitar mencoba mengejar pelaku lainnya yang membawa kabur sepeda motor. “Saat salah seorang pelaku mengeluarkan sepeda motor, ibu saya mengetahuinya, dan sempat berteriak sehingga sejum­ lah warga mencoba melakukan pengejaran,” kata dia. Saat warga mengejar itu, pen­ curi lain yang masih bersembunyi di rumah menjarah ponsel dan uang tunai Rp600 ribu. Aksi serupa juga terjadi di rumah Ngadiyo (50), warga RT 05 RW 03, yang terletak hanya beberapa ratus meter dari rumah Kundari. Dari rumah Ngadiyo, pelaku membawa kabur uang

±

±

Kemenakertrans Siap Tekan Kecelakaan Kerja

Pembimbing Ponpes Mifatulhuda, Desa Bandarhurip, Kecamatan Palas, Lamsel, Kiai Eman Sulaiman menerima enam anggota babinsa untuk menjadi santri di ponpes itu, Selasa (31-1). Keenam anggota TNI itu diserahkan Danrem 043/Gatam Kolonel Czi. Amalsyah Tarmizi.

METRO (Lampost): Aksi pencuri­ an merajalela di Kota Metro. Dalam satu malam, tiga rumah warga disa­ troni pencuri dalam waktu yang hampir bersamaan. Dalam aksi itu, pencuri membawa kabur satu sepeda motor, laptop, tiga ponsel, dan uang tunai Rp1 jutaan. Aksi pertama terjadi di rumah Kundari (30), warga RT 07 RW 03 Kelura han Ganjaragung, Metro Barat, sekitar pukul 03.30. Pencuri yang diperkirakan dua orang itu masuk ke rumah de­ ngan cara memanjat plafon dari depan ruang tamu yang terbuka. “Pelaku masuk ke dalam rumah dengan cara memanjat plafon dari depan ruang tamu,” kata Kundari, Rabu (1­2). Dia melanjutkan setelah masuk ke dalam rumah, pelaku mem­ bawa kabur satu sepeda motor Jialing BE­7809­CW, satu ponsel

WAY JEPARA (Lampost): Taman Nasional Way Kambas (TNWK) menanti kelahiran badak sumatera yang kini tengah mengandung 10 bulan. Keberhasilan kelahiran ini nantinya menjadi sejarah tersen­ diri dalam pengembangbiakan badak sumatera. Koordinator Suaka Rhino Su­ matera (SRS) TNWK Lampung Dedi Chandra, di Way Kambas, Lampung Timur, Selasa (31­1), mengatakan badak sumatera yang diberi nama Ratu (13), akan mela­ hirkan sekitar Juni mendatang. “Kondisinya saat ini sangat fit dan kelahiran Ratu nanti menjadi sejarah. Penelitian dan penangkaran kami se­ lama 12 tahun ini baru membuahkan hasil, selama ini badak yang dike­ nal mempunyai ritual perkawinan yang unik dan ekstrem selalu gagal berkembang biar,” ujarnya. Saat ini di SRS TNWK ada em­ pat badak, terdiri dari tiga betina dan satu pejantan. Keempat badak ini; Bina (27), Ratu (13), Rosa (12) dan Andalas (11), hidup di habitat semiinsitu di areal seluas 100 ha. Badak­badak ini mendapat pe­ mantauan dari SRS untuk pengem­ bangan kelangsungan badak yang kini posisinya sudah dalam kondisi kritis dari ancaman kepunahan. “Po­ sisi badak sumatera ini bisa disebut critical danger, jadi keberlangsungan hidupnya harus kami upayakan lewat penelitian di SRS,” kata Dedi yang menyebutkan banyak perdebatan mengenai penangkaran badak ini. “Banyak yang mengharapkan agar badak dibiakkan secara alami di hutan saja, tidak di dalam SRS ini. Namun, bagaimana kita bisa menjamin keberlangsungannya jika di dalam SRS saja setelah 12 tahun baru menunjukan hasil pembuahan. Tentu saja jika badak sudah beranak pinak, kami akan mengembalikannya ke alam. Ini se­ mata untuk penelitian terkait badak demi keberlangsungan satwa yang terancam punah ini,” kata dokter hewan berkacamata ini. (SAG/D-2)

±

PERbURUHAN

n LAMPUNG POST/AAN KRIDOLAKSONO

511 Mahasiswa STAIN Aplikasikan Dasar Profesi METRO (Lampost): Seba nyak 511 mahasiswa berbagai pro­ gram studi di STAIN Jurai Siwo Metro mengaplikasikan dasar profesi dengan praktek penga­ laman lapangan di Kota Metro, Lamteng, dan Lamtim. Mereka disebar di 74 sekolah di tiga wilayah itu. Penglepasan mahasiswa itu dilakukan Pembantu Ketua I STAIN Mukhtar Hadi di halam­ an kampus, Rabu (1­2). Maha­ siswa yang melakukan praktek berasal dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidik­ an Guru Madrasah Ibtidaiah (PGMI), dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Ketua STAIN Jurai Siwo Edi Kusnadi mengatakan kegiatan itu menjadi agenda tahunan kampus yang merupakan upaya mengap­ likasikan teori­teori keilmuan­ nya yang didapatkan di kampus. Diharapkan setelah mendapat pengalaman praktek, bisa men­ jadi tenaga profesiaonal dalam

n LAMPUNG POST/MG3

NaNTiKaN KELaHiRaN. Taman Nasional Way Kambas (TNWK) tengah menantikan penghuni baru dengan kehamilan badak sumatera bernama Ratu (13), yang diprediksi melahirkan pada Juni mendatang. Rosa (12), satu dari tiga badak betina penghuni Suaka Rhino Sumatera (SRS), terlihat sehat berada di penangkaran, Selasa (1-2).

KaLiaNDa (Lampost): PT Jaya Pasifik Propindo (JPP) diminta transparan

KASUS ANAK

GUNUNGSUGIH (Lampost): Pihak Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Lampung Tengah mendesak aparat kepolisian segera menangkap empat pelaku yang diduga memerkosa seorang siswi SMP di Kotagajah. Sebut saja Mawar (13), warga Sritejo Kencono, Kotagajah, yang menjadi korban perkosaan empat pemuda di rumah dekat Dam Raman pada 3 Januari 2012. Hari itu, Mawar bertemu Riko, salah satu pelaku, di arena hiburan organ tunggal yang digelar tetangganya. Karena Riko masih teman Mawar, saat diajak ke Dam Raman korban mau saja. Sesampainya di lokasi, pelaku memberi minuman kepada kor­ ban sehingga membuat kepala korban sakit dan pusing. Saat itulah ketiga pelaku lain­ nya, yaitu Mg, Gt (keduanya warga Sritejo Kencono, Kotaga­ jah), dan Pn (warga Srisawahan, Punggur), mendatangi tempat Riko dan Mawar berada. Di situ, korban digilir empat pe­ muda itu. “Setelah dua hari kejadian, orang tua korban melaporkan ke Polsek Punggur. Orang tuanya sendiri merasa kaget melihat perubahan mental pada putrinya yang pada awalnya tidak menga­ ku atas peristiwa yang telah menimpa siswi SMP tersebut,” ujar Ketua LPA Lamteng, Eko

±

tunai Rp400 ribu yang akan dibawa ke pasar untuk berbelanja istri korban. “Pelaku masuk dari pintu belakang rumah korban, yang lupa dikunci usai korban salat tahajud,” kata Muryati, salah seorang kerabat korban. Terakhir, aksi pencurian juga terjadi di rumah indekos di depan Asrama Polres Kota Metro, Ke­ lurahan Yosorejo, Metro Timur. Kawanan pencuri menggasak satu laptop, dua ponsel, satu jam tangan, serta satu dompet yang berisi uang Rp150 ribu, kartu ATM, dan KTP atas nama Ahmad Rizki Pratama (25), salah seorang staf Dinas PU dan Perumahan Kota Metro. “Saya terbangun pukul 05.30, dan barang­barang tersebut sudah raib,” kata Ahmad Rizki kemarin. Korban kemudian melaporkan aksi pencurian tersebut ke Mapolres setempat. (OGI/D-2)

GUNUNGSUGIH (Lampost): Sebanyak 20 ribu—100 ribu tenaga kerja di Indonesia rentan mengala­ mi kecelakaan kerja. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) berupaya me­ nekan angka tersebut melalui pen­ erapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). “Salah satu upaya kami itu de­ ngan mobil K3 ini sehingga kami bisa hadir cepat ketika terjadi ke­ celakaan,” ujar T. Saut P. Siahaan, sekretaris Dirjen Binwasnaker, seusai penyerahan bantuan mobil tanggap darurat K3 dari Keme­ nakertrans kepada Pemerintah Ka­ bupaten Lampung Tengah di Nuwo Balak, Gunungsugih, Rabu (1­2). Mobil K3 diharapkan dapat menekan kecelakaan di tempat kerja. Pasalnya, dampak dari ke­ celakaan berbuntut pada kerugian negara. Mobil K3 juga diharap dapat memproses atau mendeteksi kasus­kasus kecelakaan kerja yang terjadi. Menurut dia, mobil tanggap darurat juga merupakan upaya pemerintah pusat dalam memper­ tahankan tenaga kerja. “Pemerin­

tah terus berupaya menciptakan tempat kerja, salah satunya juga ter­ masuk dengan mengurangi tingkat kecelakaan kerja. Ini kami benahi karena dengan itu kesempatan be­ kerja terbuka,” ujarnya saat ditanya upaya Kemenakertrans mengatasi angka penganggur. Pemberian bantuan mobil K3, lanjut Saut, ditentukan berdasar­ kan beberapa kriteria. Salah sa­ tunya adalah banyaknya jumlah perusahaan yang berada di ka­ bupaten/kota atau provinsi. “Di Lampung Tengah ini kan ada ba nyak perusahaan. Otomatis banyak tenaga kerja juga.” Bupati Lamteng Ahmad Pairin menjelaskan jumlah perusahaan yang terdaftar di kabupaten se­ tempat sebanyak 548 perusahaan dan mampu menyerap 37.596 tena­ ga kerja. Terdiri dari 28.092 pekerja pria dan 9.504 pekerja wanita. Hingga 2011, terdapat 1.329 pen­ cari kerja yang berebut mengisi 656 lowongan pekerjaan yang tersedia. “Dan sebanyak 341 per usahaan dengan 13.776 tenaga kerja, sudah terdaftar sebagai peserta Jam­ sostek,” kata Pairin. (LUT/D-2)

n LAMPUNG POST/M. LUTFI

FOTO BERSAMA. Bupati Lampung Tengah Ahmad Pairin foto bersama anggota DPR serta pejabat Kemenakertrans usai penyerahan unit mobil reaksi cepat penanggulangan bencana kemarin (1-2).

CMYK

±

±

±

±

CMYK

I 23

Ruwa Jurai

KAmIS, 2 fEbRUARI 2012 LAMPUNG POST

LINTAS

BUS SEKOLAH

Beroperasi Pakai Dana Talangan

Kehadiran Dewan Tanggamus Jeblok

±

KOTAAGUNG—Tingkat kehadiran anggota DPRD Kabupaten Tanggamus semakin hari semakin memprihatinkan. Hal ini terlihat saat rapat paripurna istimewa DPRD Tanggamus terhadap pergantian antarwaktu (PAW) Ismail Kardi dari Partai Golkar menggantikan Imran Rasyid, Rabu (1-2), separuh anggota Dewan bolos. Rapat paripurna istimewa yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Tanggamus Salamun itu hanya dihadiri 27 anggota. Dari daftar hadir anggota Dewan yang disiapkan Sekretariat DPRD Tanggamus, sedikitnya 17 anggota Dewan tidak hadir dalam rapat paripurna istimewa ini. “Dari 45 anggota DPRD Tanggamus, yang hadir 27 orang,” kata Sekretaris DPRD Tanggamus Jusnandar Hasbi saat membacakan kehadiran anggota Dewan hari itu. (UTI/D-1)

SUARA DEWAN Mulai hari ini dan seterusnya, Lampung Post menurunkan rubrik Suara Dewan. Masyarakat bisa berpartisipasi menyampaikan keluhan dengan mengirim SMS ke nomor ponsel 081379111475 dan 08127927359.

Pak wakil rakyat yang terhormat, bagaimana penyelesaian kasus sengketa lahan Register 22 Way Waya di Desa Sumberbandung, Margosari, dan Desa Giritungga, Kecamatan Pagelaran. Sebab, sudah bertahun-tahun belum juga tuntas, padahal berkali-kali kasus tersebut masuk ke Kementerian Kehutanan, gubernur, polda, polres, dan bupati.

F.X. Siman, Wakil Ketua DPRD Pringsewu:

Persoalan Register 22 Way Waya harus diselesaikan secara komprehensif, artinya harus melibatkan Menteri Kehutanan, gubernur, polda, polres, bupati, dan panitia kompensasi Register 20, serta warga yang tinggal di daerah kawasan. Kembalikan Register 22 sebagai hutan dan transmigrasikan mereka yang ada di sana.

IKwI Beraudiensi

n LAMPUNG POST/SUDIONO

Pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Cabang Lampung dan IKWI Perwakilan Pringsewu melakukan audiensi dengan Ketua dan Pengurus PKK Kabupaten Pringsewu Nurohma di kantor PKK setempat kemarin (1-2).

±

‘WORKSHOP’ WIRAUSAHA

KOTABUMI (Lampost): Kelompok tani dan pengurus PKK Desa Penaganratu, Kecamatan Abung Timur, Lampung Utara, kesulitan memperoleh pinjaman modal. Berkaitan hal itu, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lampung menyelenggarakan workshop yang bertujuan mening katkan keahlian di bidang kewirausahaan manajemen, bisnis, dan akuntansi. “Banyak sekali orang ingin berwirausaha tapi terkendala modal usaha,” kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIE Lampung Vitratin kepada Lampung Post, Rabu (1-2). Ia menjelaskan workshop meru pakan wujud komitmen dan tugas dosen STIE menjalankan tugas Tridarma Perguruan Tinggi. STIE menghadirkan tujuh dosen pembimbing akuntansi dan manajemen dengan pesertanya 79 orang. Workshop dilaksanakan selama dua hari, 18—19 Januari lalu. “Peserta diharapkan dapat mengatur keuangan bagi wirausaha kecil, menata pembukuan, administrasi serta mengembangkan kewirausahaan,” kata dia seraya menambahkan dalam workshop terungkap kelompok tani dan PKK kesulitan meminjam modal.

Fasilitator STIE adalah Hesti Widi Astuti, Aderina K. Harahap, Duwi Agustina, Widya Rizki Ekaputri, Yunia Amelia. Menurut dia, peserta beranggapan jika meminjam modal melalui bank harus ada agunan yang dijaminkan, sedangkan peserta khawatir harta yang diagunkan itu hangus karena tidak dapat mengembalikan pinjaman. Kekhawatiran itulah, kata dia, maka workshop berusaha membuka ide dan mengusulkan membuat koperasi simpan pinjam desa. “Koperasi bukan hal yang asing bagi masyarakat. Tetapi tidak bisa dipungkiri, masih banyak masyarakat belum mengerti koperasi, terutama di perdesaan.” Koperasi didirikan dengan syarat di antaranya minimal 20 orang dengan modal awal Rp15 juta. Dengan koperasi, masyarakat merasa terbantu mendapatkan pinjaman modal. Untuk merealisasikan hal tersebut, STIE Lampung berkomitmen membantu pendirian koperasi dan pendampingan proses hingga dinyatakan bahwa koperasi tersebut bisa berjalan dengan baik. “Desa Penaganratu, Kecamatan Abung Timur, sebagai desa binaan STIE Lampung dan menjadi fasilitator antara masyarakat dan lembaga keuangan mikro.” (IKZ/D-1)

n DOK. STIE LAMPUNG

‘WORKSHOP’ WIRAUSAHA. Kelompok tani dan PKK Desa Penaganratu, Abung Timur, Kotabumi, Lampung Utara, berfoto bersama dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lampung usai workshop kewirausahaan.

±

n LAMPOST/ERLIAN UTAMA

SEMPAT TERHENTI. Bus angkutan anak sekolah di Kabupaten Pesawaran sempat terhenti sejak 1 Januari hingga 31 Januari lalu karena tidak ada dana operasional. Bus tersebut kembali tancap gas, Rabu (1-2), setelah mendapatkan dana talangan.

Kemenhut Ingatkan SKPD PRINGSEWU (Lampost): Staf Ahli Kementerian Kehutanan (Kemenhut) S. Nawang mengingatkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sehingga perencanaan yang dibuat mengenai sasaran. Hal itu dikatakan S. Nawang dalam Lokakarya Keterpaduan Pembangunan di Kabupaten Pringsewu yang berlangsung di aula kampus STMIK Pringsewu kemarin (1-2). Menurut S. Nawang, Kabupaten Pringsewu mempunyai sejarah panjang, bagaimana satu komunitas dari masyarakat transmigrasi menjadi kultur yang hingga saat ini belum dapat ditinggalkan. Untuk itu, potensi yang ada harus dapat dikembangkan. Potensi pangan, misalnya, perlu dipikirkan secara baik jangan sampai

mengejar industri, tetapi meninggalkan sektor pertanian. Demikian prediksi kabupaten niaga karena merupakan daerah lintasan. “Bagaimana Pringsewu dapat menjadi bagus, tetapi jangan sampai alam yang ada rusak yang mengakibatkan resapan air alam terganggu sehingga terjadi dan banyak menimbulkan alih fungsi lahan yang berdampak mempengaruhi ekonomi,” kata S. Nawang Sementara itu, Bupati Pringsewu Sujadi Saddat mengatakan

Pringsewu merupakan wilayah yang sangat strategis dan berkembang pesat. Pr i ngsew u mem i l i k i lua s wilayah 625 km persegi, 7.557

‘‘

Jangan sampai alam yang ada rusak yang mengakibatkan resapan air alam terganggu.

hektare di antaranya merupakan kawasan hutan lindung (Register 21 dan 22). Sebagai kawasan hutan lindung, daerah tersebut merupakan wilayah strategis sebagai sumber air. Sayang, kondisinya mulai memprihatinkan.

PROGRAM

Babinsa Kodim 0412 ‘Mondok’ di Pesantren

Kelompok Tani-PKK Sulit Pinjam Modal

±

±

CMYK

CMYK

KOTABUMI (Lampost): Anggota TNI, khusunya bintara pembina desa (Babinsa) Kodim 0412/Kotabumi, Lampung Utara, masuk Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Khair, kemarin (1-2), sekitar pukul 13.00. Pemondokan tersebut ditujukan dalam rangka mendalami ajaran agama dan menciptakan rasa persatuan. Selain itu, agar TNI dapat diterima serta dicintai masyarakat Lampung Utara. Dandim 0412/Kotabumi Letkol (Inf.) Lilik Sindaryani usai mengunjungi Pondok Pesantren Daarul Khair di Desa Muarajaya, Kotabumi Udik, Kotabumi, me nga takan Kodim 0412 telah memiliki program Babinsa Masuk Pondok Pesantren. Hal itu dilakukan guna menindaklanjuti perintah Danrem Kolonel Czi. Amalsyah Tarmizi supaya anggota TNI, khususnya babinsa, dapat mendalami

n LAMPUNG POST/HARI SUPRIYONO

DALAMI BIDANG AGAMA. Para Babinsa Kodim 0412/Kotabumi, Lampung Utara, berbaur dengan para santri Pondok Pesantren Darul Khair. Mereka tengah mendalami ajaran agama yang disampikan K.H. Abdul Syukursyah.

bidang agama dan supaya diterima masyarakat melalui bidang keagamaan. Dia berharap anggotanya dapat menimba ilmu tentang agama. Mereka juga dapat menyumbangkan tenaga kepada para santri untuk belajar baris-berbaris dan

latihan upacara serta pengetahuan tentang bela negara. Sebelumnya, pihak Kodim 0412 telah melakukan penyuluhan bela negara yang disampaikan Danramil kepada para pelajar ketika sedang melakukan upacara di sekolah. (HAR/D-1)

Selain hutan lindung, kata Bupati, Kabupaten Pringsewu memiliki daerah aliran sungai (DAS) dan daerah sempadan irigasi (DSI) terpanjang di Provinsi Lampung. Dengan lokakarya ini diharapkan dapat melahirkan ide dan gagasan, terobosan, maupun solusi serta rekomendasi yang akan dijadikan bahan masukan yang sangat berarti bagi Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah untuk menyusun strategi dan rencana yang tertuang dalam program-program utama, renstra, serta rencana kerja Pemkab Pringsewu, ujar Sujadi. Lokakarya juga menghadirkan sejumlah narasumber, di antaranya Idrus Zen, direktur Klinik Bisnis BDS Harmoni Jakarta, Kadis Kehutanan Provinsi Lampung Warsito, dan Sekkab Pringsewu Idrus Effendi. (ONO/D-1)

GEDONGTATAAN (Lampost): Dua unit bus bantuan angkutan anak sekolah dari Kementerian Perhubungan pada 2011 di Kabupaten Pesawaran sempat berhenti beroperasi. Alasannya karena APBD 2012 belum disahkan DPRD Pesawaran. “Sejak Januari kami tidak memiliki dana operasional bus tersebut,” kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran Ponirin, Rabu (1-2). Namun, pihaknya kemudian mengoperasionalkan kembali bus angkutan anak sekolah itu pada Rabu (1-2), setelah pihaknya mendapatkan pinjaman sebagai dana talangan. “Benar, sudah satu bulan tidak beropera si ka rena tida k ada dana, tetapi sekarang sudah mulai beroperasi kembali dengan menggunakan dana pinjaman, sambil menunggu APBD 2012 disa h ka n DPR D Pesawa ra n,” kata dia. Terpisah, Putri Karisma, salah satu siswi, mengaku kaget setelah bus yang biasa ditumpanginya berhenti operasi. Padahal keberadaan bus bagi siswa sangat membantu. “Alhamdulillah, tadi pagi saya sudah kembali naik bus gratis dari pemerintah,” kata Putri. Sejumlah siswa yang telah terbiasa menggunakan bus angkutan tersebut berharap operasional kendaraan tidak tersendat-sendat. Pemantauan Lampung Post, pembahasan RAPBD 2012 oleh Badan Anggaran (Banang) hingga Rabu (1-2) belum juga berlanjut mengingat anggota yang hadir tidak kuorum. (IAN/D-1)

PERTUKARAN BUDAYA

±

Negeri Kelantan Jajaki Kerja Sama KOTAAGUNG (Lampost): Kerajaan Negeri Kelantan dan Kabupaten Tanggamus jajaki kerja sama bidang pariwisata dan pertukaran budaya antara keduanya. Wujud kerja sama tersebut dalam bentuk pertemuan antara Wakil Menteri Pelancongan dan Kebudayaan Kelantan Dato Tahiyudin Hasan dan Sekkab Tanggamus Gunawan Tarwin Wiyatna, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus M. Shobir Thoyib dan anggota DPRD Tanggamus Akhmadi Sumaryanto, di Bandar Lampung, Selasa (31-1). Dalam pertemuan tersebut, Kerajaan Negeri Kelantan tertarik bekerja sama dalam bidang pariwisata dan budaya dengan Kabupaten Tanggamus, kata M. Shobir Thoyib di sela-sela launch-

±

ing program Jamkesta Kabupaten Tanggamus, di RSUD Kotaagung, Rabu (1-2). Menurut Shobir, dalam pertemuan tersebut, Dato Tahiyudin Hasan menyatakan kerja sama Pemerintah Kabupaten Tanggamus dengan Kerajaan Negeri Kelantan sangat dibutuhkan, terutama kerja sama bidang pariwisata dan budaya. “Negeri Kelantan menjajaki kerja sama pariwisata syari atau yang bernuansa islami,” ujar Shobir. Kerajaan Negeri Kelantan sangat tertarik dengan Tanggamus karena memiliki banyak potensi, terutama di bidang pariwisata. “Kami tertarik dengan Tanggamus karena banyak memiliki potensi pariwisata,” kata Shobir mengutip pernyataan Dato Tahiyudin Hasan. (UTI/D-1)

DESA TERTINGGAL

Srirahayu, dari IDT ke Fasilitas yang Serbaminim BANYUMAS—Terseok-seok. Itulah gambaran Pekon Srirahayu, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Tanggamus. Sejak dinobatkan sebagai pekon terting gal—Inpres Desa Tertinggal (IDT)—tahun 1995, hingga kini pekon tersebut belum menunjukkan perkembangan yang signifikan. Bermula saat warga Margodadi, Kecamatan Pringsewu, melakukan bedol desa dan mendirikan pekon tersebut sekitar 1951. Secara umum Pekon Srirahayu merupakan daerah pertanian dan perkebunan dengan tingkat ekonomi masyarakat yang masih berada pada level menengah ke bawah. Masuknya program IDT tidak juga menggeser posisi untuk bisa sedikit lebih maju dibanding pekon lainnya yang sudah lebih dulu maju. Ambil saja contoh ini. Sarana fisik kondisi bangunan di Pekon Srirahayu, seperti jalan

desa maupun jalan antardusun, masih banyak yang bersifat darurat. Dampaknya perekonomian masyarakat berjalan tak sejalan harapan masyarakat. Sebagaimana dikatakan Kepala Pekon Srirahayu Suryono, pekon dengan luas wilayah mencapai 2.258.765 meter persegi itu dihuni 1.376 jiwa atau 413 kepala keluarga (KK) dengan perbandingan untuk laki-laki mencapai 734 jiwa dan untuk perempuan 642 jiwa. Data BKKBN tahun 20 09 menunjukkan jumlah masyarakat prasejahtera ada sebanyak 189 KK, sementara keluarga sejahtera 224 KK. Suryono menjelaskan mata pencarian masyarakat umumnya adalah petani: penggarap dan buruh. Jumlah petani sebanyak 214 orang, buruh tani (317), buruh swasta (48), PNS (12), pedagang (21), peternak (1), montir (4), perawat

±

(1), dan bidan (1). Adapun masalah pendidikan untuk Pekon Srirahayu masih sangat tertinggal. Suryono menjelaskan sejauh ini infrastruktur berupa jalan, jembatan, dan sarana infrastruktur yang ada masih sangat darurat. Di bidang kesehatan, rakyat masih membutuhkan poskesdes yang layak. “Bidan desa yang ditugaskan di sini belum maksimal, karena tidak berdomisili di Srirahayu,” ujarnya. Posyandu balita dan lansia diakui sudah berjalan, tetapi sampai saat ini belum ada bantuan dari dinas terkait ataupun dari pemerintah baik itu berupa insentif ataupun bantuan kelembagaan. Harapannya dinas terkait perlu ada perhatian serius bagi tersedianya kader posyandu. Selain itu, masyarakat juga mendambakan adanya jalan aspal, apalagi jalan tembus dari

±

n LAMPUNG POST/WIDODO

BERGOTONG ROYONG. Dengan semangat kegotongroyongan yang tinggi, warga Pekon Srirahayu membangun jalan desa. Warga berharap Pemerintah Kabupaten Pringsewu melakukan pemerataan pembangunan sehingga tidak terkesan ada pekon yang dianaktirikan.

ibu kota Kecamatan Banyumas ke Pekon Srirahayu yang telah dikeraskan sejak 1980-an, tapi sampai saat ini belum juga ditingkatkan menjadi aspal. “Sejak zaman Orba jalan sudah di-onderlaag, tetapi aspalnya

sampai sekarang belum datang juga,” kata dia. Meny u su l sa ra na pendukung pertanian. Irigasi teknis di pekonnya juga belum ada, padahal ratusan hektare sawah berada di wilayahnya. (WIDODO/D-1)

CMYK

±

CMYK

±

Kamis, 2 Februari 2012 lampung post

CMYK

±

Ruwa Jurai

I 24

Siring di Register 45 Dikritik

Arahan Plt. Sekkab

LiNTaS inspektorat Lambar Tangani 60 Kasus

±

LiWa—Selama 2011, Inspektorat Lampung Barat menangani 60 kasus sesuai dengan target yang dianggarkan. Kepala Inspektorat Lampung Barat Ibrahim Amin, Rabu (1-2), mengatakan dari 60 kasus itu, terbanyak kasus penyimpangan atau penyalahgunaan atau penyelewengan wewenang berjumlah 32 antara lain dana bantuan operasional sekolah, beras miskin, dan alokasi dana pekon. Kemudian disusul kasus kehilangan SK (7), perceraian (6), dan indisipliner (5). Sedangkan kasus lain antara lain seperti asusila, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), mosi tidak percaya, fungsi, audit, pencurian, dan sebagainya. Menurut dia, ada tiga kasus yang masuk tahun 2011 dan akan ditindaklanjuti pada tahun 2012, antara lain kasus perceraian dan kehilangan SK. (ElI/R-2)

jalur lintas timur (Jalintim) Kecamatan mesuji

LiWa—Guna menunjang pengawasan dan pendampingan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) di Kabupaten Lampung Barat oleh Kelompok Kerja Ruang Belajar Masyarakat (RBM), Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Pekon (BPMPP) mengucurkan dana Rp120 juta dari APBN tahun 2012. Kepala BPMPP setempat Ismet Inoni di ruang kerjanya, Rabu (1-2), mengatakan alokasi dari APBN itu untuk lebih memaksimalkan pemberdayaan kader pembangunan masyarakat (KPM) dalam mengawasi dan mendampingi pelaku PNPM dari tingkat kecamatan hingga pekon, sehingga meminimalisasi permasalahan teknis di lapangan. “Pengurus RBM ini fokus melakukan berbagai pembinaan masyarakat pelaku PNPM.” (*/D-3)

Timur dan simpangpematang atau sepanjang wilayah Register 45 sudah meresahkan masyarakat pengguna jalan.

Cuaca ekstrem batasi aktivitas Nelayan

MATA PENCARIAN

Batu Hitam Hidupi Warga Tebakak ±

KRUI (Lampost): Batu hitam yang umumnya berbentuk bulat di pantai pesisir, tepatnya di Pekon Tebakak Way Sindi, Kecamatan Karyapenggawa, Lampung Barat, menjadi salah satu sumber penghasilan sebagian masyarakat di wilayah itu. Azwardi (40), salah seorang penjual batu hitam, saat ditemui areal tumpukan batu yang dijualnya, Minggu (30-1), mengaku menjual batu hitam Rp15 ribu/ karung. Satu karung ditakar dengan tiga ember batu—satu ember berkapasitas 5 liter. Azwardai telah puluhan tahun bergelut mengumpulkan batu hitam dan kemudian menjual kepada konsumen yang rata-rata membeli batu itu untuk memperindah atau menghiasi halaman rumah.

Namun, kini batu hitam itu mulai susah didapat dibanding dengan sebelumnya. Pasalnya, telah puluhan tahun masyarakat setempat mengumpulkan dan menjualnya. “Kalau dahulu mudah mencarinya, tapi sekarang kami harus pilih karena batu hitam di pantai ini telah tercampur batu karang dan batu lain,” ujarnya. Dalam sehari, dia beserta istri bisa mengumpulkan 10 karung batu hitam. Pembeli biasanya datang langsung mengambilnya. “Tetapi ada juga yang datang ke sini menunggu beberapa hari dan datang lagi sampai terkumpul karena pesanannya banyak,” katanya. Dalam sepekan, Azwardi bisa menjual sekitar 50 karung dan hasilnya untuk kebutuhan sehari-hari serta sebagian ditabung. (**/R-2)

n lampung post/mERWan

plt. sekretaris Kabupaten tulangbawang Barat pahada Hidayat memberikan pengarahan saat membuka musyawarah Daerah (musda) lembaga pengembangan tilawatil Quran (lptQ) kabupaten setempat di pondok pesantren al Furqon, panaraganjaya, Rabu (1-2).

TRANSPORTASI UDARA

Lanud Way Tuba Layak Jadi Bandara Komersial WAY TUBA (Lampost): Landasan Pangkalan Udara (Lanud) TNI Angkatan Darat Gatot Subroto Way Tuba, Kabupaten Way Kanan, sudah layak dijadikan bandara komersial. Namun, perlu dilengkapi prasarana teknis pendukung untuk penerbangan sipil. Penilaian itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan M. Ihsan Tatang saat mengunjung lanud tersebut, Rabu (1-2). Kujungan Sekjen Kemenhub itu didampingi Dirjen Perkeretaapian Tunjung Endrawan, Dirjen Perhubungan Udara Harry Bakti, Sekprov Lampung Berlian Tihang, dan Danrem 043/Gatam Kol. Inf. Amalsyah Tarmizi. Seusai ekspose strategi pertransportasian oleh Bupati Way

Kanan Bustami Zainudin, Sekjen menjelaskan landasan Lanud Gatot Subroto sudah layak dan cukup untuk menjadi bandara umum dengan lebar 40 meter dan panjang 3.000 meter. “Namun, perlu dilengkapi sarana teknis pendukung untuk penerbangan sipil.” Sarana pendukung itu berupa ruang tunggu, navigasi, serta dibentuknya UPT bandara. Sekjen Kemenhub sangat mendukung percepatan pembangunan Lanud Gatot Subroto untuk dijadikan bandara penerbangan umum. “Kami akan tinjau persiapan dari sisi keamanan udara dan daratnya.” Kemnhub, kata Ihsan, sangat mendukung pembangunan bandara penerbangan sipil. Terlebih, Pemkab setempat sangat proaktif

memperjuangkan dan mempersiapkan pembangunan tersebut, apalagi lokasinya sangat strategi. Dalam kesempatan itu, Bupati Way Kanan menjelaskan tahun ini Pemkab telah menganggarkan Rp1,6 miliar untuk mendukung pembangunan bandara. Kini telah ada kesepakatan penerbangan dengan pihak Susi Air dan Merpati. “Kami juga akan menjalin kerja sama dengan Lion Air dan Sriwijaya Air.” Letak Lanud Gatot Subroto Way Kanan sangat stategis karena berada di perbatasan Provinsi Lampung dan Sumatera bagian selatan. Keberadaan bandara nantinya tidak hanya sebagai sarana angkutan penumpang, tapi juga kargo. (lEH/D-3)

Kembalikan Berkas Pencalonan

±

±

CMYK

didikan di Simpangpematang, Muchtarudin (55), menambahkan dia khawatir dengan kondisi jalan yang diberi siring tapi terlalu dekat dengan badan jalan. “Karena anak sekolah dari Way Serdang, Simpangpematang, Tanjungraya, dan Mesuji Timur melintasi jalan lintas timur itu menggunakan sepeda motor. Jadi, kalau sampai terjadi kecelakaan masuk parit lalu tidak ada yang tahu, bisa tewas.” Untuk itu, dia meminta pemerintah mengambil sikap terhadap PT Silva yang telah den-

‘‘

Keberadaan siring yang dibuat pt silva Inhutani lampung itu sangat meresahkan warga karena mengancam keselamatan pengguna jalan.

gan sengaja membuat parit yang membahayakan pengguna jalan di sepanjang wilayah Register 45. “Kami minta parit itu ditutup karena berbahaya. Kalau tidak, letaknya harus agak jauh dari badan jalan,” ujarnya. Seorang anggota Satuan Lalu Lintas Polres Tulangbawang yang tidak mau disebutkan namanya juga mengakui angka kecelakaan parah naik sejak adanya parit tersebut. “Jelaslah Mas, tadinya kalau mobil atau sepeda motor menghindari tabrakan paling masuk semaksemak, sekarang pasti terjun ke parit.” (uan/D-3)

±

Usia di Atas 1 Tahun Sertakan Ketetapan PN

Maret, Ragem Sai Mangei Wawai Dimulai lanja kampung (APBK). Kegunaannya tentunya diserahkan kepada kampung.” Untuk peluncuran perdana program itu, Pemkab sedang menunggu juklak dan juknis kegiatan yang segera disosialisasikan ke kampung. “Program ini segera diluncurkan paling lambat Maret mendatang,” ujarnya. Bachtiar mengatakan program Ragem Sai Mangei Wawai tersebut terdiri dari pembangunan fisik 50%, pengembangan usaha ekonomi kerakyatan 20%, penataan administrasi pemerintahan kampung 10%, perencanaan dan pengawasan teknis 5%, administrasi pengelolaan kegiatan 5%, pengembangan SDM 5%, serta monitoring dan evaluasi 5%. Sementara itu, Wakil Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad menambahkan program itu merupakan satu-satunya program prorakyat yang ada di Provinsi Lampung. Dari 14 kabupaten/kota di Lampung, hanya Tulangbawang Barat yang memiliki program yang langsung menyentuh kepentingan masayarakat kampung. (mER/D-3)

Hal itu disebabkan siring yang berkedalaman 3—5 meter dan lebar 2,5 meter sepanjang jalur tersebut sudah banyak memakan korban. Bahkan, seorang pengemudi bernama Syahminan Harahap (44), warga Bekasi, tewas dalam siring saat mobil yang dikendarainya terjun ke parit dua pekan lalu. Beberapa tokoh masyarakat di Mesuji pun mengkritisi keberadaan siring yang tela h menelan korban tersebut. Sariaman, yang pernah mendaftar sebagai calon wakil bupati pada pilkada lalu, menyebutkan keberadaan siring atau parit yang dibuat PT Silva Inhutani Lampung itu sudah sangat meresahkan masyarakat karena mengancam keselamatan pengguna jalan. Ia menyebutkan sejak siring atau parit dibuat dua bulan lalu, sudah banyak kecelakaan parah karena terperosok parit. “Parit tersebut perlu dibenahi,” ujarnya, Rabu (1-2). Selain itu, dia juga menyebutkan berdasar pada UU No. 13 Tahun 1980 tentang Jalan Pasal 5 Ayat (2) dan (3) menerangkan mengenai daerah manfaat jalan dan daerah pengawasan jalan yang bisa digunakan untuk pelebaran jalan. Secara perinci dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan pada Pasal 40 Ayat (1) menyebutkan badan jalan nasional lebarnya minimal 25 meter. Kemudian pada Pasal 45, setiap orang dilarang menggunakan ruang pengawasan jalan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan. “Sedangkan PT Silva menggali parit tepat 1,5 sampai 2 meter di sisi jalan. Ini sudah merupakan pelanggaran,” ujarnya. Sementara itu, tokoh pen-

AKTA KELAHIRAN

PROGRAM UNGGULAN

PANARAGAN (Lampost): Peluncuran program Ragem Sai Mangei Wawai direncanakan pada awal Maret mendatang. Pemkab Tulangbawang Barat menyiapkan dana Rp200 juta/kampung untuk peluncuran program itu. “Untuk menjalankan program unggulan ini tinggal menunggu petunjuk pelaksanaan yang ditetapkan melalui surat keputusan bupati,” ujar Bupati Bachtiar Basri, didampingi Kabag Tata Pemerintahan A. Hariyanto, saat kunjungan kerja ke Kampung Kagunganratu, Tulangbawang Udik, Selasa (31-1). Bupati mengatakan program Ragem Sai Mangei Wawai merupakan salah satu program unggulan untuk membangun kampung. Program itu di luar anggaran dana desa (ADD) Rp25 juta/kampung. Kegiatan dalam program tersebut selain membangun infrastruktur, juga membiayai kesejahteraan aparatur kampung. “Dana Rp200 juta/kampung ini akan dimasukkan anggaran pendapatan dan be-

±

mEsUJi (Lampost): Keberadaan siring di sepanjang

bPMPP Kucurkan Dana KPM rp120 Juta

KRUi—Cuaca buruk dan gelombang tinggi di laut pesisir Lampung Barat masih berlangsung. Menurut nelayan setempat, kondisi laut kembali normal pada Maret nanti. Nelayan Pelabuhan Kualastabas, Pasar Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Nusirwan (51), Selasa (31-1), mengakui hingga kini belum bisa melaut karena gelombang tinggi dan angin kencang masih terus terjadi. “Tetapi kini angin barat kadang diselingi hujan, jadi kami masih bisa mencari ikan di tengah laut walaupun waktunya sangat terbatas dari pukul 06.00—08.00, selebihnya berbahanya untuk melaut. Dari satu pekan rata-rata tiga hari kami bisa melaut seperti itu.” Hasil tangkapan pun, ujar Nusirwan, relatif jauh turun dibanding dengan saat cuaca laut normal. Pada cuaca baik, dalam sehari atau semalaman, nelayan bisa mendapat tangkapan ikan rata-rata 40 kg. “Tapi kalau sekarang dengan waktu yang sangat singkat, hasil tangkapan kami paling banyak 10 kg sekali melaut, ikannya juga jenis ikan musiman yang datang ke laut sini seperti tenggiri aceh, layur, ikan kakap merah, mencilak, dan nawi.” (**/D-3)

±

n lampung post/*

Bakal calon incumbent Bupati lambar mukhlis Basri, melalui adik kandungnya, Farosil mabsus, didampingi Ketua paC pDI perjuangan sekincau, mengembalikan berkas pencalonan ke panitia penjaringan DpC pDI perjuangan setempat, selasa (31-1).

SIDANG PRAPERADILAN

Tergugat Hadirkan Saksi Ahli MENGGALA (Lampost): Sidang praperadilan kasus gugatan Chandra Hartono kepada Polres Tulangbawang atas penangkapan BBM kembali digelar di Pengadilan Negeri Menggala, Rabu (1-2), dengan agenda mendengarkan keterangan saksi ahli dari tergugat Polres Tulangbawang. Saksi yang dihadirkan adalah Eddy Rifai, dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila). Dalam kesaksiannya, Eddy menjelaskan mekanisme proses penangkapan, penyidikan, dan penyitaan serta UU Ganti Rugi No. 8/1981. “UU No. 8/1981 tentang KUHAP menyatakan ganti kerugian adalah hak seorang mendapatkan pemenuhan atas tuntutannya yang berupa imbalan sejumlah uang karena ditangkap, ditahan, dituntut, ataupun diadili

tanpa alasan yang berdasar pada undang-undang atau karena kekeliruan mengenai orangnya atau hukum yang diterapkan menurut cara yang diatur dalam UU,” ujarnya. Dia melanjutkan tersangka, terdakwa, atau terpidana berhak menuntut ganti rugi karena ditangkap, ditahan, dituntut dan diadili, atau dikenakan tindakan lain tanpa alasan yang berdasarkan undang-undang atau karena kekeliruan mengenai orangnya atau hukum yang diterapkan. Sementara itu, saat ditanya penggugat Chandra Hartono mengenai proses penangkapan tanpa dua barang bukti yang cu kup, Eddy Rifai mengatakan proses penangkapan, penahanan, dan penyitaan tidak bisa dilakukan jika belum

±

memenuhi hal tersebut. Ketika ditanyakan dalam proses penangkapan dan penyidikan apakah dibenarkan secara UU, penyidik meminta sejumlah uang secara langsung dan melalui perantara, saksi ahli mengatakan tidak dibenarkan dan tidak diatur UU. Jika terbukti, kepolisian telah melakukan tindak pidana. “Jika hal tersebut terjadi dan dilakukan penyidik, berarti telah terjadi tindak pidana karena hal itu melanggar undang-undang,” kata dia. Berdasar pada keterangan saksi ahli tersebut, pihak penggugat mengatakan kepolisian dalam hal ini Polres Tulangbawang telah melakukan penangkapan tidak prosedural dan ini sangat bertentangan dengan undang-undang. (ata/D-3)

PA NA R AGA N (L a mp o s t): Masyarakat Tulangbawang Barat yang akan membuat akta kelahiran usia di atas 1 tahun harus memiliki ketetapan dari pengadilan. Aturan tersebut mulai diberlakukan sejak Januari 2012. Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tulangbawang Barat Adrie mengatakan sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2006 Pasal 32 Ayat (2) tentang Administrasi Kependudukan, ada beberapa ketentuan dalam mengurus akta kelahiran, di antaranya pembuatan akta kelahiran usia di atas 1 tahun harus menyertakan ketetapan pengadilan dari pengadilan negeri (PN) setempat. “Pemkab Tulangbawang Barat mulai memberlakukannya tahun ini, sehingga warga yang akan membuat akta kelahiran usia di atas 1 tahun tanpa membawa ketetapan dari pengadilan tidak akan dilayani. Itu sudah menjadi aturan Pemerintah Pusat,” kata dia, Selasa (31-1). Namun, ujar Adrie, untuk pembuatan akta kelahiran usia 1—60 hari, proses pengurusan berlangsung normal seperti biasa seperti melampirkan fotokopi

KTP suami-istri, fotokopi buku nikah, keterangan bidan, dan saksi serta kartu keluarga (KK). Unut k p eng u r u s a n a k t a kelahiran antara 60 hari dan 1 tahun harus melalui rekomendasi kepala Dinas Catatan Sipil dan tidak perlu melampirkan ketetap an pengadilan. “Pembuatan akta kelahiran usia 1—60 hari bebas biaya atau gratis, sedangkan untuk 60 hari—1 tahun ke atas dipungut administrasi untuk PAD Rp21.500,” ujarnya. Adrie mengharapkan dengan diberlakukannya peraturan tersebut, masyarakat diharapkan segera mengurus akta kelahiran sejak anak lahir untuk kemudahan anak tersebut nantinya. “Jika ada anak yang baru lahir, segera dibuatkan akta kelahirannya. Selain mudah, pembuatannya juga gratis.” Lebih lanjut dia menjelaskan akta kelahiran tersebut juga sangat penting seperti dokumen kependudukan lainnya. Selain untuk daftar sekolah dan melamar kerja, akta kelahiran juga dibutuhkan dalam keperluan lain. “Kami mengimbau masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran segera mengurusnya.” (mER/D-3)

CMYK

±

±


lampungpost edisi kamis 2 februari 2012