Issuu on Google+

±

±

CMYK

± Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

minggu, 12 mei 2013

T E R U J I T E PERC AYA

www.lampost.co

24 Hal.

No. 12789

i TAHUN XXXVIII

Rp3.000

±

±

TERORIS

Solihin, Juru Sablon yang Tertutup Herman H.N. Wali Kota Bandar Lampung

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

BERSANTAI DI MES. Sejumlah pekerja pembangunan fly over (jembatan layang) beristirahat di mes yang telah disediakan di Jalan Sultan Agung, Bandar Lampung, Sabtu (11-5).

Wawancara Lampung Post dengan Kherlani, penjabat bupati Pesisir Barat... Hlm. 9

Magnet Bandar Lampung

bagi Pekerja

BEKERJA jauh dari keluarga bukanlah perkara mudah. Namun, ketiadaan pekerjaan di kampung atau daerah membuat pekerja rela meninggalkan rumah menuju Bandar Lampung.

± Lima reporter cilik mewawancarai Wakil Ketua DPRD Lampung Selatan Antoni Imam...Hlm. 13

OASI S

Bawang dan Susu

n LAMPOST DOK

±

TIDAK perlu khawatir dengan napas tak sedap yang mung­ kin timbul akibat makanan yang mengandung bawang putih. Hanya dengan mengon­ sumsi segelas susu di sela-sela makan makanan berbumbu bawang putih, bau tersebut bisa dinetralisasi. Demikian hasil penelitian dari Ohio Universit y yang dipublikasi Institute of Food Technologist (IFT) pada Journal of Food Science. Meski meminum susu se­ telah makan makanan ber­ bawang putih masih mem­ bantu, meminumnya di selasela makan akan lebih efektif menghilangkan bau bawang putih. Baik susu berlemak mau­ pun tanpa lemak ternyata dapat menurunkan konsen­ trasi senyawa sulfur dalam bawang putih yang meman­ c a r k a n b au p ad a h i du n g dan mulut. Susu berlemak ditemukan lebih efektif da­ lam hal ini. (MI/R-3)

±

S

udah satu bulan Candra Dinata tinggal di sebuah rumah kecil di Jalan Ha­ noman, Bandar Lampung. Rumah yang mirip beng­ kel ini hanya seluas 4 x 5 meter persegi. Di dalamnya ada tempat tidur kecil yang ditempatkan lebih tinggi mepet ke atap. Lantainya masi h tanah dan din­ dingnya papan yang tidak terlalu rapat. Di dalamnya ada kamar kecil sebagai tempat mandi, tapi tidak bisa dipakai untuk buang hajat. Tidak ada kursi atau meja. Tempat duduk dibuat fondasi semen yang me­ manjang. Penerangan pun terbatas, hanya satu lampu yang sudah mulai redup. Satu-satunya hiburan Candra adalah televisi kecil.   Rumah kecil yang ditempati pria 30 tahun ini sekaligus sebagai bengkel becak. Di dalamnya banyak sekali peralatan dan besi-besi becak bekas. Di luar, beberapa becak diparkir. Candra adalah penarik becak yang disediakan tempat menginap oleh sang pemilik becak. Dia tinggal bersama Sarnawi. Candra datang dari Palembang dan berniat mencari pekerjaan yang layak di Kota Bandar Lampung. Dia memutuskan ke Kota Tapis Berseri karena memiliki sa­ habat yang sudah lebih dahulu mencari penghasilan di Bandar Lampung. “Awalnya ingin kerja jadi  sales  se­ perti teman. Tapi ternyata perlu modal

dan keterampilan yang tidak gampang supaya bisa jago merayu orang untuk beli barang yang dijual,” kata dia. Tak beda, puluhan pekerja bangunan di proyek jembatan layang (fly over) Jalan Sultan Agung dan Jalan Ryacudu. Dem i meng h idupi kelua rga, pa ra pekerja itu harus rela melupakan ber­ cengkerama dan berkumpul bersama keluarga. Padahal, mereka kadang suntuk, sakit, dan sedih. Namun, semua memiliki caranya tersendiri untuk me­ lepaskan kepenatannya.  Untung (26), salah satunya. Pekerja harian lepas asal Purbolinggo, Lampung Timur, ini sudah sebulan bekerja di proyek jembatan layang Jalan Sultan Agung. Dengan gaji Rp45 ribu per hari, ia ber­ tahan bekerja jauh dari keluarga. Saat suntuk, ia mengusir kejenuhan da n kesepia n h idupnya keluar ke tempat keramaian di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim. “ Ya k ad a ng saya perg i ke tem­ pat keramaian kayak PKOR. Tapi, ya cuma jalan-jalan aja,” kata Untung. Bagi Untung, kebahagiaan tersendiri bekerja bersama rombongan kawankawan satu daerah asalnya. Dia datang bersama rombongan Lampung Timur lainnya. Jika tidak ada kesibukan lain, dia pun hanya tinggal di kamp saja. Kamp istilah para pekerja untuk tempat tinggal mereka sementara yang memang berada di sekitar proyek fly over itu. “Kalau eng­ gak ada kesibukan ya di kamp,” kata dia. 

Mereka bekerja sejak pukul 07.00 dan beri­ stirahat pukul 12.00. Lalu pukul 17.00 mere­ ka selesai bekerja. Untuk makanan seharihari, para pekerja memanfaatkan warung yang ada di sekitar. Namun, Untung menga­ kui terkadang memasak sendiri kare­na ada kompor masak yang bisa diman­ faatkan untuk menghemat biaya hidup. Sukamto (20), lajang asal Raman Utara, Lampung Timur, hampir serupa dengan yang dilakukan Untung. Kadang ia mem­ buka bidak catur bersama Yudi, rekannya, untuk bertarung dalam diam. Sedangkan Slamet (50) asal Hadu­ yang Ratu, Natar, Lampung Selatan, memiliki cara yang berbeda. Bapak lima anak itu sudah tiga bulan bekerja. Dia mengaku tidak pergi ke manamana. Dia hanya duduk santai sambil mendengarkan musi k seorang diri melalui radio. “Saya dudu k d i k a mp nyetel musi k aja,” ujar Slamet yang ting­ gal menyekolahkan satu anak nya.  Dia juga bersyukur selama tiga bulan selalu sehat. Slamet mengaku paling sedih jika hujan lebat turun seharian. “Kalau hujan enggak kerja, enggak kerja ya enggak digaji,” ujar Slamet.  Di a send i r i ha nya sebu la n sek a l i pulang ke rumahnya. “Saya sebulan sekali pasti ketemu keluarga,” kata Slamet. (WANDI BARBOY/PADLI/M-1)

FOKUS... Hlm. 14

TANJUNGSENANG —Rumah di Jalan Pulau Sari XII No. 25, Way Kandis, Tanjungsenang, Bandar Lampung, itu masih d i ber i ga r i s pol i si , Sa bt u (11-5). Sehar i sebelu m nya warga digemparkan dengan penggerebekan yang dilaku­ kan oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror. Solihin, penghuni rumah itu, merupakan salah satu pelaku teroris di Lampung. Menurut Edi Prana, ketua RT 08 Lk II, didampingi Erna, istrinya, So­ lihin pada awal Desember 2010 lalu datang melapor sebagai warga baru yang berasal dari Wiyono, Pringsewu. Pria kelahiran 13 Oktober 1973 itu, kata Erna, berper­ awakan kecil dan berjanggut tipis. Sementara istri keduanya perempuan kelahiran 11 April 1986 bernama Zahratul Umiah asal Lamongan, Jawa Timur. Zahratul selalu menutupi wa­ jah dengan cadar ke mana-ma­ na. Istri pertamanya sendiri dikabarkan tinggal di Jalan Krakatau III, Way Halim. Seja k awa l t i ngga l d i w i laya h it u, warga suda h mencurigai Solihin dan Zah­ ratul. Ada dua hal yang dicuri­ gai Edi berdasar pengaduan warga. Pertama, Solihin dan istrinya selalu tertutup dan kurang bersosialisasi. Kedua, banyak aktivitas pengajian atau tamu yang berdatangan pada dini hari. “Saya tegur dia dari situ. Namun, waktu itu dia bawa temannya dan mengatakan tidak ada apa-apa,” kata dia. Intensitas pengajian mulai berkurang. Namun, modus kali ini berbeda. Jika dulu empat kali seminggu secara terbuka tamu berdatangan ke rumah Solihin, kali ini tamu mencuri-curi masuk untuk sekadar bertamu atau meng­ gelar pertemuan kecil. Pekerjaan Solihin sebagai juru sablon baju sekolah di Wiyono mengharuskannya berangkat pagi dan pulang malam hari. “Subuh berang­ kat, malam baru datang ke sini,” kata Erna. Solihin juga termasuk rajin ke Masjid Khai­ runnas di lingkungan sekitar. Ciri khas Solihin saat da­ tang ke masjid, kata Edi, se­ telah Alfatihah dibacakan. Lalu begitu salam, dia lekaslekas pergi tanpa berpamitan kepada siapa pun. Usai penangkapan Solihin oleh Densus, kata Edi, dari ru­ mah Solihin ditemukan bukubuku tentang jihad dalam dus, pelat nomor, sarung tangan, masker, pisau lipat, alat pemo­ tong, kabel pengikat, dan lain sebagainya. (CR-4/R-5)

KECELAKAAN

Pesawat PT SIP Jatuh di Kebun Sawit MESUJI (Lampost): Pesawat pengang­ kut pupuk milik PT Sumber Indah Perkasa (SIP) jatuh di Kampung Sidang Gunung Tiga, Kecamatan Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji, tiga menit setelah lepas landas, Sab­ tu (11-5), sekitar pukul 11.30. Jatuhnya pesawat jenis Fletcher FU 24-950 dengan kode PK-PNC Si­ nar Mas di areal perkebunan sawit PT SIP tersebut menewaskan pilot, Muhammad Adipura (40), warga Jalan Vila Duta 2 No. 9 Bogor. Korban yang mengendarai pesa­ wat seorang diri ditemukan tewas di bangkai pesawat tidak jauh dari kantor PT SIP. “Sesaat setelah pesawat lepas

CMYK

landas, tiba-tiba tidak terdengar lagi suara mesin, lalu tak lama pesawat jatuh tapi tidak ada ledak­ an. Pilot tewas dengan luka yang cukup mengenaskan,” kata Yusuf, kepala desa setempat. Menu r ut Yu su f , pesawat it u hanya diawaki pilot seorang diri. “Pesawat itu bermuatan sekitar 1,5 ton pupuk cair,” ujarnya. Ia mengatakan pesawat jatuh di areal perkebunan, agak jauh dari permukiman warga Desa Sidang Gunung Tiga. Saat pesawat ter­ jatuh, cuaca cerah, tidak ada hujan atau angin kencang. Sekitar pukul 13.30, pihak kepoli­ sian langsung mengamankan tem­

pat kejadian perkara (TKP) dengan police line. Siang itu juga jenazah korban dibawa ke RS Menggala, lalu diteruskan ke RS Urip Sumoharjo, Bandar Lampung, untuk diautopsi. Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih mengatakan pesawat milik PT SIP itu jatuh di areal kebun perusahaan. “Tiga me­ nit dari take off tiba-tiba pesawat jatuh,” katanya. Hingga saat ini pihaknya masih menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat tersebut, apakah karena kelebihan beban atau kerusakan komponen pesawat. “Kami masih menyelidiki kecela­ kaan ini,” ujarnya. (UAN/CK-6/R-3)

±

n LAMPUNG POST/JUAN SANTOSO

PESAWAT JATUH. Bangkai pesawat milik PT Sumber Indah Perkasa (SIP) yang jatuh di perkebunan sawit Kampung Sidang Gunung Tiga, Kecamatan Rawajitu Utara, Mesuji, Sabtu (11-5), sekitar pukul 11.30.

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±

BANDAR

MINGGU, 12 mei 2013 LAMPUNG POST

±

Siapkan 3 Pilar Menanggapi hal itu, Rektor

“Pemkot akan melakukan efisiensi anggaran dan mengoptimalkan pembangunan sesuai dengan rekomendasi dari DPRD.”

2

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sarjana di Indonesia dinilai masih banyak yang menjadi penonton pembangunan. Untuk itu, perguruan tinggi diminta menciptakan mahasiswa yang berkualitas dan berdaya saing sehingga bisa ikut serta dalam pembangunan.

±

Thobroni Harun (Wakil Wali Kota Bandar Lampung)

LAMPUNG

Banyak Sarjana Hanya Jadi Penonton Ketua Koordinator Perguru­ an Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II Sumatera Bagian Se­latan Diah Natalisa menyebutkan saat ini di Indonesia ada 3.154 institusi perguruan ting­gi yang terdiri dari 92 per­guruan tinggi negeri (PTN) dan 3.062 perguruan tinggi swasta (PTS). Setiap tahunnya, ujar Diah, ri­buan mahasiswa menyelesai­ kan tugasnya sebagai mahasiswa untuk kemudian bersiap masuk ke dunia kerja. Yang menjadi masalah, ujar dia, masih banyak sarjana yang menganggur usai diwisuda. Mereka tidak bisa ikut ser­ ta dan malah jadi penonton pada proses pembangunan di daerahnya. “Oleh sebab itu, perguruan tinggi diharapkan bisa me­ ningkatkan kualitas dan kualifikasi mahasiswanya agar siap kerja. Tidak hanya menjadi pencari kerja saja, ta­pi juga harus mampu mencip­takan lapangan kerja,” kata Diah di sela-sela pengukuhan 172 wisudawan dari Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Bis­nis dan Ekonomi Institut In­f ormatika dan Bisnis (IBI) Dar­majaya, Bandar Lampung, Sab­tu (11-5). Diah juga meminta perguru­ an tinggi bisa membekali ma­ ha­siswa, khususnya di bidang ekonomi, dengan ilmu berbasis teknologi dan bisnis. Hal itu sangat dibutuhkan untuk mem­p erkuat pilar ekonomi bang­sa, terutama dengan ada­ nya ASEAN Community 2015.

IBI Darmajaya Andi Desfian mengatakan IBI Darmajaya siap mendukung berjalannya ke­sepakatan pemerintah untuk bergabung dalam ASEAN Community 2015 mendatang. Kesepakatan tersebut berda­sar pada tiga pilar, yaitu keamanan, ekonomi, dan sosial budaya. Pada pilar ekonomi atau ASEAN Economic Community (AEC), terdapat kesepakatan untuk membangun pasar tunggal, mempercepat integrasi re­gional di sektor prioritas, dan memfasilitasi pergerakan pengusaha dan tenaga kerja terampil. Kesepakatan itu, menurut dia, akan mengubah ASEAN menjadi suatu wilayah perda­gangan bebas. Selain itu, lalu lintas barang, jasa, inves­tasi, tenaga kerja terampil, dan aliran modal juga akan me­ningkat. “Oleh karena itu tan­tangan besar bagi perguruan tinggi untuk menyiapkan sumber daya manusia yang ber­kualitas dan mendukung pe­ laksanaan ASEAN Community,” kata Andi. Perguruan tinggi juga, menurut Andi, dituntut untuk mampu meningkatkan jaring­an peluang usaha, penempatan kerja bagi lulusan, dan yang terpenting menyiapkan tenaga kerja terampil dan berdaya saing secara profesional se­suai kebutuhan pasar internasional. IBI Darmajaya kemarin mengukuhkan 172 wisudawan dari Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, serta Magister Teknik Informatika dan Magister Manajemen. (MG4/K-2)

BURAS

Pelayanan Publik Kota Membaik! “PELAYANAN publik Kota Bandar Lampung yang dulu terburuk kedua nasional setelah Medan, kini jauh berubah de­n gan terus membaik!” ujar Umar. “Usai program eKTP gratis, maksimal dalam Jamkesmas dan Jamkesda, kini Wali Kota Herman H.N. menggratiskan pembuatan akta kelahiran! Ini melengkapi kemudahan buah Surat Edaran Mendagri berisi pembuatan akta kelahiran tak harus lewat pengadilan!” “Itu baru pelayanan publik yang prima!” timpal Amir. “Tinggal menjaga agar pelaksanaan akta kelahiran gratis

berjalan lancar, tak tersendat oleh gerenek staf Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta aparat terkait hingga akta gratis cuma ada dalam slogan!” “Untuk itu pimpinan kota harus pasang mata dan telinga yang bisa dipercaya, untuk cek dan ricek kebenaran pelaksanaan kebijakan gratis pembuatan akta tetsebut!” tegas Umar. “Bukan seperti masa lalu, ‘mata dan telinga’ pimpinan dikelabui laporan ABS—asal bapak senang— isinya bertentangan dengan realitas lapangan yang dapat nilai terburuk tingkat

±

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

GENTA 2013. Sejumlah murid Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Permata Bunda II memainkan angklung dalam acara Genta 2013 Gebyar Puncak Tema di halaman sekolah tersebut, Sabtu (11-5). Acara itu digelar untuk menggali kreativitas siswa sehingga bisa terus berprestasi.

LEMBAGA

LKM Campang Dapat Bantuan Rp1 Miliar BANDAR LAMPUNG— Lembaga Keswadayaan Ma­s yarakat (LKM) Campang Sejahtera, Sukabumi, mendapatkan bantuan Rp1 mi­l iar dari Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum. Menurut Koordinator LKM Campang Sejahtera Mursalin, dana itu akan digunakan untuk penata­ an lingkungan berbasis k­o­munitas di RT 15 dan RT 16 Kelurahan Campangraya. “Salah satunya adalah kegiatan fisik seperti pembangunan talut 460 meter, drainase 1.536 meter, dan

paving block 1.630 meter,” kata Mursalin di Bandar Lampung, Jumat (10-5). Selain itu, ujar dia, akan ada kegiatan pembangun­ an gorong-gorong 19 unit, pembuatan taman bermain 1 unit, dan pemasang­a n lampu penerangan jalan 20 unit dengan total dana Rp850 juta. Dia berharap anggaran yang diterima LKM ini bisa bermanfa­at bagi kepentingan ma­sya­ rakat Campangraya. “Terpilihnya kami dari 153 kelurahan yang ada di Lampung sebagai pene­ri­ ma kegiatan ini merupa-

rapat paripurna pe­nyampaian rekomendasi DPRD Bandar Lampung atas LKPj. Wali Kota 2012 di gedung DPRD Bandar Lampung, Jumat (10-5). Selain itu, di bidang pendidikan, program Wali Kota seperti program bina lingkungan dinilai sudah sangat baik. Namun, masih belum dibarengi kesiap­ an aparatur di lapangan. “Masih ada juga kesimpangsiuran data mengenai bantuan siswa miskin. Tidak jelas kriteria siswa yang masuk program bantuan siswa miskin atau bi­na lingkungan. Ini harus di­ benahi,” ujarnya. Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandar Lampung Thobroni Harun mengatakan Pemkot menghargai dan menghormati rekomendasi dan keputusan pansus DPRD. “Kami pun ke depan akan melakukan efisiensi anggaran yang ada dan mengoptimalkan pembangunan sesuai dengan rekomendasi dari DPRD,” kata Thobroni. (MG5/K-2)

CMYK

nasional!” “Di lain sisi pihak pimpinan juga tak berhenti di situ!” timpal Amir. “Disimak saksama lebih luas lagi, pelayanan publik bidang apa yang masih perlu perhatian untuk bisa ditingkatkan kualitasnya! Tentu prioritas peningkatan terkait dengan program tujuan pembangunan milenium (MDGs) yang berinti pada indeks pembangunan manusia

tak fokus pada peningkatan kualitas pendidikan!” “Kayaknya Wali Kota Herman H.N. yang masih lebih fokus dalam pembangunan fisik jalan dan lingkungan serta administratif itu belum maksimal menangani sektor pendidikan!” tegas Amir. “Itu berarti, ketika Wali Kota fokus pada sektor pendidikan akan mampu mengalihkan orientasi para pengelola pendidikan dasar dari terus-terusan cari akal untuk mengakali BOS, jadi berorientasi ke peningkatan mutu!” ***

Add on: facebook.com/buraslampost

±

Follow on: @buraslampost

Gali Kreativitas lewat Lomba

Penyerapan Anggaran Tak Maksimal ±

H. Bambang Eka Wijaya

(IPM), di mana IPM Lampung terendah di Sumatera!” “Itu dia! Komponen IPM selain kesehatan dan pelayanan mempermudah warga memenuhi kebutuhan administratifnya, pendidikan jadi faktor utama!” sambut Umar. “Dalam dunia pendidikan— terutama pendidikan dasar— inilah Bandar Lampung bahkan memprihatinkan! Ini bisa jadi akibat para pengelolanya amat mudah terpenga­ ruh pihak-pihak luar yang berusaha mengakali bagibagi dana BOS! Konsentrasi pikiran para pengelola pun

PENDIDIKAN

PEMERINTAHAN

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Penyerapan Anggaran Pendapat­an dan Belanja Daerah (APBD) Bandar Lampung 2012 dinilai tak maksimal. Romi Husin, anggota panitia khusus (Pansus) laporan ke­ terangan pertanggungjawaban (LKPj.) Wali Kota Bandar Lam­p ung tahun anggaran 2012, mengatakan sekitar 10% ang­garan pembangunan tak terserap sehingga tersisa dana lebih. Hal ini karena perencana­a n program yang kurang baik. Padahal, kalau perencana­ annya matang sisa anggaran tidak perlu ada dan dana bisa di­manfaatkan pada program pembangunan di lokasi lainnya. “Sebagai contoh, pelaksana­ an pelebaran Jalan Kartini ta­ hun lalu dilaksanakan de­ngan adendum sehingga anggar­an tidak terserap secara maksimal. Maka diharapkan ke depannya Dinas PU menggunakan jasa konsultan perencanaan yang lebih kredibel,” kata Romi saat

±

±

kan keberhasilan seluruh masyarakat. Jadi harus betul-betul bermanfaat bagi masyarakat,” kata dia. Mursalin juga berharap panitia pelaksana kegiatan ini dapat bekerja sesuai dengan prosedur dan memanfaatkan dana sebaik mungkin. Selain itu, harus juga digelar rembuk warga sebagai bentuk pemeliharaan jika pembangunan telah selesai. “Kalau ini berjalan baik, wi­layah kumuh dan miskin bi­sa lebih tertata dan menja­di indah,” kata Mursalin. (MG5/K-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sekolah harus berperan aktif menggali potensi siswa. Se­lain memberikan layanan pen­d idikan formal, sekolah di­m inta menyelenggarakan ke­giatan yang bisa menstimulasi kreativitas siswa seperti perlombaan. “Dengan berbagai perlombaan, otak siswa dilatih untuk terus kreatif. Hal ini sa­ ngat baik bagi perkembangan siswa di kemudian hari,” kata Marini, ketua panitia Gebyar Puncak Tema Sekolah Dasar Is­lam Terpadu (SDIT) Permata Bunda II, di sekolah itu, Sabtu (11-5). Pada acara tahunan itu, digelar pertunjukan bakat dan per­ lombaan antarsiswa. Perlom­ baan disesuaikan de­ngan tema kegiatan, yaitu Ceria dan berprestasi. Tema itu dipilih karena sekolah tersebut ingin membuat para siswa tetap ceria dalam menjalani ke­g iatan belajarmengajar di se­kolah. Tidak hanya ceria, tapi sekolah ingin membuat siswa berpres­ tasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik.

Marini menjelaskan kegiatan itu meliputi lomba fashion show, dongeng anak, menghias pot bunga, dan kreasi dari barang bekas. Para siswa yang ak­t if pada ekstrakurikuler bahasa Inggris dan tapis juga unjuk kebolehan dengan bercerita dalam bahasa Inggris dan menampilkan hasil sulaman tapisnya. Kegiatan diikuti 160 siswa yang terdiri dari siswa kelas I, II, dan III SD. Khusus bagi siswa kelas II dan III SD yang mengikuti lomba menghias pot dan membuat kreasi dari barang bekas, bisa berkolaborasi dengan orang tua. “Jadi yang berlomba siswa dan orang tuanya. Ini juga baik un­tuk ikatan anak dan orang tua­nya,” kata Marini. Dia menyebutkan beberapa barang hasil kreasi yaitu mini­ atur kapal dan lampion, serta mi­­niatur buah anggur dari plas­ tik hitam yang di dalamnya di­beri gulungan kertas. Para pemenang mendapatkan hadi­ah sertifikat, uang tabungan, mi­niatur mobil, tempat makan, dan perlengkap­ an sekolah. (MG-4/K-2)

±

ORGANISASI

Ketua Baru AJI Perjuangkan Kesejahteraan Jurnalis BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung yang baru dipilih, Yoso Muliawan dan Ridwan Hardiansyah, berjanji akan memperjuangkan kesejahteraan jurnalis. Menurut Ridwan, hasil survei upah layak AJI Bandar Lampung 2011 silam, upah minimum jurnalis dengan masa kerja satu tahun harusnya Rp2,4 juta per bulan. Sementara saat ini, ujar dia, belum ada media di Lampung yang membayar upah jurnalis di atas atau minimal sama dengan hasil survei upah layak itu. “Untuk itu kami akan berjuang dan mengajak perusahaan media massa untuk meningkatkan upah jurnalis. Jurnalis merupakan aset dan nyawa bagi perusahaan media. Jadi sudah selayaknya diberikan upah yang layak,” kata Ridwan usai dikukuhkan dalam Konferensi VI AJI Bandar Lampung di Aula PKBI Lampung, Sabtu (11-5). Selain memperjuangkan kese­jahteraan jurnalis, pasang­ an ini juga berjanji akan fokus menjaga kebebasan pers, profesionalisme, dan mengupayakan uji kompetensi jurnalis se­hingga semua anggota AJI bisa ikut dan lulus menjadi

wartawan yang kompeten. AJI juga akan terus menjaga hubungan dengan lembaga pemerintah supaya lebih dikenal luas. Pasangan Yoso dan Ridwan terpilih sebagai ketua dan sekretaris AJI periode 2013—2016 menggantikan Wakos Gautama dan Padli Ramdan. Yoso dan Ridwan terpilih melalui musyawarah dan mufakat tanpa melalui pemungutan suara atau voting. Yoso mengajak semua anggota AJI bersatu mendukung dan memajukan AJI. “Saya berharap semua anggota ja­ ngan bosan dan terus berjuang memajukan AJI,” kata Yoso. Selain memilih ketua dan sekretaris, konferensi juga memilih Badan Pengawas Keuangan (BPK) dan usulan anggota majelis etik AJI. Majelis etik terdiri dari unsur di dalam dan luar AJI se­hingga lebih independen dalam memutuskan masalah yang menyangkut pelanggar­an kode etik. Dalam waktu de­kat Yoso-Ridwan bersama ang­g ota formatur menyusun ke­peng­urusan AJI yang terdiri dari Divisi Advokasi, Divisi Se­rikat Pekerja, Divisi Dana dan Usaha, Divisi Perempuan, dan Divisi Etik, Profesi, dan Pengembangan Organisasi. (CR-3/K-2)

CMYK

±

±

CMYK

±

DAERAH MINGGU, 12 MEI 2013 LAMPUNG POST

CMYK

± Kapolres AKBP Bayu Aji

“Kedua belah pihak sepakat damai dengan perjanjian ada perbaikan rumah dan sepeda motor milik warga Desa Mulyosari.”

3

3 Pemuda Pemeras Jalanan Ditahan Polisi

STATISTIK

±

BPS Klarifikasi Data Sensus Pertanian Pairin BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kepala Badan Pusat Sta­t istik (BPS) Lampung Tengah Dwiyana Suharyati membe­r ikan klarifikasi terkait data sensus pertanian milik Bupati Lampung Te­n gah A. Pairin oleh beberapa media, beberapa hari lalu. “Informasi tersebut bukan datang dari saya. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik Pasal 19-21 disebutkan bahwa penyelenggara statistik wajib menjamin keraha­siaan keterangan yang diperoleh dari responden,” ujarnya, Selasa (10-5). Dwiyana khawatir de­ngan adanya ekspos tersebut ma­ syarakat menjadi takut dan enggan untuk disensus usaha per­taniannya. Namun, dia menjelaskan jika hasil sensus si­f atnya bukan termasuk ra­h asia negara dan dapat di­publikasikan. “Kami baru akan memublikasikan data yang kami mili­k i setelah seluruh tahapan sensus selesai,

dan itu pun bukan ekspos data yang bersifat personal perorangan, melainkan secara ke­seluruhan sesuai de­ ngan kebutuhan informasi yang dimiliki oleh publik,” ujarnya. Ia menjelaskan petugas Sensus Pertanian 2013 saat ini tengah melakukan tahap awal pendataan. Proses ini disebut tahap pemutakhiran ke setiap rumah tangga. Pada tahap ini petugas hanya menanyakan ada atau tidaknya ke­giatan pengelolaan usaha pertanian. “Pendataan ini meliputi ada tidaknya usaha pertanian tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan, perika­nan, dan jasa pertanian. Nah, apa yang terungkap beberapa hari lalu pun se­benarnya tidak terangkum dalam proses pendataan yang kami lakukan di rumah Bupati. Jadi terkait data yang kemudian terungkap ke publik bukan tanggung jawab kami maupun saya secara pribadi,” kata dia. (MG1/D-1)

PERDAGANGAN

Pemkab Tuba Barat Relokasi Pasar Mulyoasri ±

±

PANARAGAN (Lampost): Pemkab Tulangbawang Barat akan merelokasi pasar tradisional Mulyosari ke lapang­ an sepak bola. Pasar tersebut akan dibangun menjadi pasar modern tradisional pada awal Juni 2013. Pembangunan pasar terbesar kedua di Tulangb a w a n g B a ra t t e r s e b u t akan diserah­k an kepada pengembang. Saat ini Pemkab melakukan pe­n ilaian terhadap sejumlah pengembang yang sudah menawarkan diri untuk membangun pasar tersebut. “Ada enam pengembang y a ng sudah mendaftar. Nama pengembang ini sedang digodok di tim koordinasi kerja sama daerah,” kata Kadis Koperindag dan UKM Intizam kemarin. Dari enam pengembang tersebut, kata dia, akan ditentukan tiga besar untuk ditetapkan menjadi satu nama, “Insya Allah, dalam bu­l an ini nama pengembangnya sudah ditetapkan. Renca­nanya Juni sudah mulai bekerja,” ujar dia. Dalam pembangunan pasar tersebut, Pemkab akan menyerahkan sepenuhnya pendanaan kepada pengembang. Pasar yang dibangun

±

±

era transmigrasi tersebut kini kondisinya sudah memprihatinkann. “Yang pasti, pemugaran pasar itu tidak memberatkan pedagang. Pemugaran ini sudah mendapat persetujuan dari pedagang dan juga akan diminta persetujuan Dewan,” kata dia. Dia menjelaskan pemba­ ngunan akan diawali dari lapangan bola yang berada di sebelah pasar. Sementara lokasi pasar akan ditata menjadi lokasi parkir dan taman kuliner. “Lokasi pasar itu nanti menjadi 2 hektare, lokasi pasar satu hektare ditambah lapangan bola satu hektare yang sudah dialihkan ke lokasi baru,” ujarnya. Dengan dimulainya dari lapangan tersebut, para pedagang tetap bisa menggu­ nakan kios lama untuk berdagang. Setelah pasar tersebut jadi, seluruh pedagang akan dipindahkan ke pasar baru dan pasar lama akan dibongkar. Te r k a i t p e n g e m b a n g , ujarnya, tim sudah mengarah ke salah satu pengembang yang sudah membuktikan pembangunan di salah satu pasar di Kabupaten Lampung Tengah. (MER/D-1)

CMYK

±

BARADATU (Lampost): Tiga pemuda ditahan pihak Polsek Baradatu setelah memeras pengemudi kendaraan L-300 di Kampung Banjarmasin, Kecamatan Baradatu, Sabtu (11-5), pukul 05.30.

n LAMPUNG POST/YON FISOMA

PERBAIKAN JALAN. Jalur Liwa hingga Krui sepanjang 3 kilometer tengah dilakukan perbaikan. Alat berat ini disediakan untuk percepatan penyelesaian proyek. Warga, khususnya Pekon Gunungkemala, berharap pekerjaan selesai tepat waktu dan tak meninggalkan debu.

NARKOBA

Jumlah Pengguna di Lamtim Meningkat SUKADANA (Lampost): Peny a l a h g u n a a n n a r ko b a , psikotropika, dan zat adiktif di Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) condong meningkat dalam dua tahun terakhir. Berdasarkan data yang diperoleh dari Satuan Narkoba Polres Lamtim menyebutkan pada 2010 tercatat sebanyak 16 kasus dengan tersangka 34 orang dengan status tersangka. Pada 2011, kasus narkoba bertambah menjadi 20 kasus, meski jumlah tersangka mengalami penurunan sebanyak dua orang, menjadi 32 tersangka. Tahun berikutnya mengalami peningkatan signifikan, yakni dengan 28 kasus dengan 53 orang ter-

sangka. Pada 2013, per 20 April terdapat 13 kasus dengan 18 orang tersangka. Para pengguna rata-rata berusia remaja. Kepala Badan Narkotika Kabupaten Lamtim Usman Effendi mengatakan keterlibatan pemuda dalam kasus narkoba bisa jadi karena pemantauan dari orang tua terhadap anak-anaknya masih sangat kurang sehingga menyebabkan anak tersebut terjerumus dalam penggunaan narkoba. “ P e ny e b a b o ra n g b i s a menggunakan narkoba adalah karena pergaulan, broken home, dan ada yang awalnya mencoba-coba akhirnya terjerumus,” ujarnya.

Dia menambahkan guna menekan angka pengguna narkoba, pihaknya terus berusaha melakukan sosialisasi di setiap sekolah akan bahaya barang terlarang tersebut. Selain melakukan sosialisasi ke setiap sekolah, pihaknya dalam waktu dekat ini berencana membentuk satuan petugas (satgas) di masing-masing kecamatan yang diharapkan dapat memberikan informasi dan memberikan pengertian akan bahaya narkoba. Ia berharap para tokoh ma­ syarakat, ulama, dan pemerin­ tah serta kepolisian bekerja sa­ma sehingga kasus narkoba di Lampung Timur menurun, bahkan hilang dari Bumi Tuah Bepadan tersebut. (CK-7/D-1)

Kapolres Way Kanan AKBP Yulias, melalui Kapolsek Baradatu AKP M. Joni, menjelaskan pelaku yang terhitung masih muda ini dibekuk setelah pihaknya mengembangkan kasus di tempat kejadian perkara di depan pos TPR Kampung Banjarnegara. Kasuanya bermula ketika para pelaku memberhentikan sebuah mobil yang dikendarai Dedi (29) saat hendak pulang ke Pulaupanggung, Kecamatan Semendo, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Kendaraan tersebut datang dari Kota Bandar Lampung. Awalnya, pengemudi Dedi berjalan beriringan dengan kendaraan lain yang berasal dari satu daerah. Saat berjalan beriringan, L-300 yang dikemudikan Dedi berada di belakang. Tak dinyana tiba-tiba ia dibuntuti dua kendaraan roda dua dengan gelagat tidak baik. Tiba di suatu tempat, mobil korban dipepet dua sepeda motor yang dicurigai tadi, dan memaksanya untuk berhenti. Saat korban sudah berada tak jauh dari pos TPR para pelaku memalangkan sepeda motor dan memaksanya menghentikan laju kendaraan. Para pelaku yang belakangan dikenali bernama Angga alias Sakti (19), Rendo alias Nofri (25), dan Toni (25), warga Kampung Banjarmasin kemudian memaksa korban memberikan sejumlah uang. Dedi tak menyerah begitu

saja. Ia menakut-nakuti para pelaku dengan mengeluarkan senjata airsoft gun. Akan tetapi, ketiga remaja justru balik mengancam korban akan dilaporkan ke polisi atas kepemilikan senjata api yang menurut mereka ilegal. Korban akhirnya mengalah dan menyerahkan uang tunai Rp13 juta kepada kawanan ini. Dari hasil pengembangan di TKP, polisi menemukan

P

olisi kemudian membekuk para tersangka dengan barang bukti sepeda motor Yamaha V-ixion hitam dan Mio warna hijau tanpa dilengkapi nomor polisi. Juga senjata airsoft gun dan uang senilai Rp1,8 juta.

± identitas ketiga pelaku berikut barang bukti untuk memuluskan aksinya. Polisi kemudian menahan para tersangka dengan barang bukti sepeda motor Yamaha V-ixion hitam dan Mio warna hijau tanpa dilengkapi nomor polisi. Juga senjata airsoft gun dan uang senilai Rp1,8 juta. Kepada petugas, para pelaku mengatakan uang hasil pemerasan jumlahnya tak sampai Rp13 juta, tetapi hanya Rp1,8 juta. (CK-5/D-1)

BAHAN BAKAR

Elpiji Subsidi Sulit Didapat di Way Kanan BARADATU (Lampost): Kelangkaan elpiji berbagai ukuran menjalar ke seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Langkanya elpiji berukuran 3 kilogram dalam sepekan terakhir amat dirasakan konsumen di Kabupaten Way Kanan. Sunarti, pedagang bakso di Pasar Baradatu, mengaku harus berjuang untuk bisa mendapatkan elpiji hingga ke Bukitkemuning. Di sini pun ia kembali ke rumah dengan tangan kosong karena tak mendapatkan elpiji untuk keperluannya usaha. Sunarti tak berkomentar banyak saat mendapatkan jawaban dari pemilik sejumlah pangkalan, jika elpji ukuran 3 kilometer kosong. Menurut sejumlah pangkalan, stok elpiji berbagai ukuran sedang kosong karena dikurangi oleh pemerintah. “Dalam satu minggu, saya beberapa kali ke luar kabupaten mencari elpiji. Pernah ketemu orang jualan elpiji, tapi harganya untuk ukuran 3 kilo Rp22 ribu, jadi saya tak jadi beli,” ujarnya kemarin. Pemantauan di sejumlah pangkalan di Pasar Baradatu, Kampung Tiyuhbalak, ke-

±

marin, memang terlihat tumpukan tabung elpiji yang kosong. Agen PT Safira Jaya Sampurna, Rayon Way Kanan Region II-III, Udin, mengatakan terhitung sudah satu minggu dia tidak menerima kiriman. Pasalnya, pemerintah telah membatasi pasokan dari Pertamina dengan dalih dikhawatirkan adanya penyelewengan terhadap penggunaan tabung elpiji 3 kg. “Sekarang saya hanya menunggu kiriman dari distributor, kalau memang ada akan kami jual. Kalau tidak ada, ya apa boleh buat. Saya menjual elpiji subsidi pemerintah seharga Rp17 ribu/tabung karena memang dari agennya mengambil Rp16 ribu,” ujar Udin. Hal sama juga dituturkan pemilik agen pangkalan PT Griya Persada, Rudi. Dia hanya menerima kiriman dari distributor sebanyak satu mobil/ minggu. Hal ini telah berlangsung selama dua bulan terakhir. Hal sama diakui pemilik agen elpiji lainnya, Rianti. Pada April lalu, dia hanya menerima tiga kali pengiriman, padahal seharusnya empat kali. (CK-5/CK-4/D-1)

CMYK

±

±

PARIWARA

minggu, 12 mei 2013

4

LAMPUNG POST

pariwara AC Winda AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866. Minggu Buka Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

ahli gigi Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. JL. Urip Sumoharjo Simpang Tiga Pejajaran hub.087899516746

AIRLINES TIKET Tiket murah garuda, sriwijaya, merpati, lion, air asia, sky aviation tiket diantar hub.GEMA TNT (0721) 486100, 7467967 SMS booking 081274777959

BUS WISATA Sedia bus untuk wisata rohani, darma wisata, bus khusus wisata, keselamatan penumpang prioritas kami. Klik www.darmadutawisata.com. Hub. 08154019822

DAGING AYAM Dijual daging ayam dada paha tanpa tulang dijamin harga terjangkau hub.08127909877, 082183060933

ELEKTRONIK DIGITAL PARABOLA Digital parabola system distribusi sales dan service sedia indovision, top TV, dll. Hub. 475331, 0811722855

foto copy LAMPUNG FC, jilid hard cover/skripsi, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B Tanjung Karang, Bandar Lampung telp.0721-256053, 08127272602, email: lampung_fotocopy@yahoo.co.id

FURNITURE Minimalis Produksi, interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

HORDENG NEOCLASSIC INTERIOR trm pemesanan gordeng,vitrage,vertical/horizontal blind dll, hsl memuaskan,hrg variatif. hb.081369342793, 081977972187

indekost Kosan mewah,kmr uk bsr,AC,prbtn komplit,KM dlm,parkir luas,stratgis 1,5 Jt/bln Hb :087899569592

R.Kost,4KT,Fas lgkp,Jl.Jati Baru 1 No.6 D urian Payung,(smpg TK II Kar tini,Utamakan putri) Hb.085768887666 Kost2an Yana-Yoan Jl.R.Intan Gg Mawar (blkg Bank Mandiri No 56) pkr luas(mggn,bln,th) 0721259572,087899121975 Kost karyawan/ti, fas. Lengkap, parkir luas, lok. Enggal Hub : 0811791265 Kosan mewah,prbtan komplit,ukrn bsr,parkir luas,strategis 1,6/bln Hub: 087899569592 Trm Kost bulanan baru isi lgkp, KM dlm Jl. KH Mas Mansyur 76 Rawa Laut 0721254202, 085378422469 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

INTERIOR Safira interior mbwt kitchen, kmr set, lmr pjgn, bar, partisi, meja ktr, vntr bank, hub.7164443, 081379337575 Nadia Interior, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 0811792863

KAMBING AQIQAH Kambing aqiqah hrg dr 900rb, bs masak aneka menu hb.7448380, 081272354984, 081540802586, www. aqiqahlampung.com

kehilangan STNK BE 5269 FS, an. Karim, Nk. MH1JF513CK216091, Ns. JF51E3193647 STNK BE 4804 BI, Noka. MH32P20088K772050, Nosin. 2P2-752436, An. Cahyo Wisnugroho JL.Imam bonjol gg.birawa LK II RT 002/RW 002 Sumber Rejo Kemiling STNK BE 7465 EV, Noka.MH31S70 027K192981, Nosin. 1S7-193020, An. Jonson Hamri Gumai. BPKB No.F No.1380223 BE 8655 DC, Noka.MH34D70028J885127, Nosin. AD7-885151, AN. Bangun Sitorus BSC.

STNK BE 3448 EL, NK : MH1JF5117AK644084, NS : JF51E- 1649325, AN. Siti Rohimah STNK BE 3501 EU, NK : MH328D30CBJ762753, NS : 28D- 2762644, AN. Suprayitno

kesehatan pijat tradisionil Nisa massage urat trpi pgbtn, pr wtn, bs dipanggil hb. 082181823301

kolam renang Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KURSUS TEHNISI HP Nvu ponsel service & kursus hp Jln. ZA Pagar Alam No.2 gdg meneng, bk kls mahir psti bs smua merk hp grnsi uang kembali Hub.0856.6977.7966

LAUNDRY REE LAUNDRY , cuci + setrika + pewangi Rp.4.500, cuci+pewangi Rp.3.000, setrika+pewangi Rp.3.000, setiap penyucian 5 kg dpt 1 kupon grtis u/ dtukarkan dgn payung cantik di JL.MK Baginda No.5 Gunung SULAH Sukarame BDL (dkt R.S. Urip Sumoharjo) tlp 0721-7905983

MESIN -mesin MESIN CETAK Dua mesin cetak offset toko 910 & computer langsung Lincah Store Jl.Pemuda No.94 Tj Karang seberang Ramayana.

FOTO COPY PT Buana Citra Abadi copy machie sales/rental meisn foto copy beserta prlkpn, retail/grosir/ bakul.hb. 07217144481, 085269405389 CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

MUSIK ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983,

PROGRAM NASIONAL R Tambah Tinggi Badan 5-15 cm R Tambah berat badan 5-15 kg R Diet 5-15 kg

R Tumbuh kembang anak

Sertifikasi : Depkes RI, BPOM RI, ISO 90019002, MUI Syariah dll. HP : 081977901801 (PIN : 24C79770)

081369139529.

musik pesta sinarta musik pernikahan, saurmatua, orgen tunggal, pesta bonataon dlm & luar kota. Hub. 085216105475 Drs. Edison E. Sinurat. 

OLEH-OLEH LAMPUNG Oleh-oleh Lampung. Kopi Lampung rasa buah dgn 11 variant rasa: durian, melon, strawberry, anggur, cappucino, mocca, leci, jambu, mangga dan sirsak. Hub. 0813.7927.2995, 0721-750.41222

K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Limbah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

ATASI MAMPET

PELUANG BISNIS Kami suplai Solar khusus Industri. Bisa delivery seluruh Indonesia.Hub : BimaPetro – 082337830923 email : luhurbudi715@yahoo.com Sy bth Maneger dgn penghasilan Rp.120 jt/bln hub.081294992290 ZEN Dicari perwakilan biro travel umroh/ haji modal kcl rsk kcl hub.081379985665, 087898930651 Dicari agen voucer fisik PLN untuk lampung dan sekitarnya hub.082177814713, 081227370999

PENDIDIKAN privat “Privat Go Education“ Semua pljrn TK, SD, SMP, SMA, Umum, mengaji, guru dtg krmh siap UN & Smster hub.0721-7511559, 081279199569 Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330, 0857-68003557 Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269 

PENGINAPAN

Spesialis Atas Mampet Sal. Air, Wastafel, WC dll, tanpa bongkar garansi, bisa kuras sumur. Hub. 082180803233. Ahli Atasi Mampet Saluran Air, WC, Westafel dll, tanpa bongkar garansi hub. 082178790789

Sedot wc Sedot tinja/wc pakai mbl tangki & atasi mampet slrn tnp bkr, dlm & luar kota, bs sewa toilet portable. 07217400060, 085377528233

SERVICE DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika, Mesin Cuci (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812 service pANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub. 081272590428  Wahyu Elektronik. Servis berbagai merk TV, kulkas, m.cuci, kpr gas, genset, P. Air, dll. Hub. 0812.72302983.

“Central Service” kompor gas semua merk, garansi 1th. Hb. 0823.7511.8477

SUMUR BOR

PONDOK INAP ANTASARI/ Penginapan & Homestay & kost: harian / mingguan / bulanan, Fas : AC/TV, KM didlm, parkir luas, aman Hub: 07213651116 & 082183437171 Jl. Antasari 171 Bdl hrg mulai 75 rb/hari

pengobatan OBAT TELAT BULAN Anda telat bln dan lancar haid..? kini ada solusi cpt & tepat, cukup 1x pakai dlm wkt 3 jm dijamin lgsg lncr 100% tuntas,aman tanpa efek smpg, garansi sampai tuntas hub.08216907222

RUPA - RUPA

LOWONGAN

KOMPOR GAS

“RIZKY BOR“Menerima Pembuatan Sumur Bor Mesin,Service Pompa air,Gulung Dinamo,Instalasi dll Hub:085367519001, 081379136574

PRINGSEWU RENTAL KIPAS ANGIN BERKABUT/ MISTY C00L 26 &30 INC. ADA DI DYTEX JL MAKAM KH GHALIB PRINGSEWU 081369329030 UNTUK ACR INDOR/ OUTDOOR GARANSI

1

TAHUN

SALES, RENT , & SERVICE

Dibthkn Karyawati, usia 20 – 25 th khusus Menicure & Pedicure, syarat KTP, KK, Srt penglmn krj, ijazah. Pas photo 3 x 1 lbr. Lamaran kirim ke Salon Rumah Lulur Jl. KH. A. Dahlan 156 Kupang Inpres TB telp. 0721- 487555, 747755. Lamaran paling lambat 31 Mei ’13. PT. PLANET NATAR membutuhkan Tng Penjual tnp target dpt penghasilan lumayan. Hub. 081540982345, 08127966834 Dbthkn 2 org krywti jrsn ADM & akuntansi kmptr, brpglmn min SMA/ D1 bs berkendaraan T.Betung BDL 0721-480307,485013 Bth cpt PRT, Baby Sitter, pegawai toko dan restoran u/ jkt & batam gj 1 jt s/d 3 jt lsg krj hub.081225085900

COPY, PRINT, SCAN

Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

bahan bangunan PAGAR PANEL BETON CV.SAMPOERNA KARYA (Bentuk Pagar Sistem Join nat/Laki,Perempuan hub.08117216900, 085369958999

RumaH dijual Jual rmh LT 1530 m2, LB 425 m2, Jl. St. Badarudin dpn SMPN 7 Gdg Air Bdl, hrg 2 M. Hub. 0812.7202460. dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348 Dijual rmh lks strtgs,LT 104 m2, LB

Dijual rmh permanen sdh keramik & pagar beton, 4 KT, 2 KM lok. Suka Bandung kel.negara ratu natar lamsel minat hub.085378728305

ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rembes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti:

Solusi BisnisTerbaik Anda

Pastikan Membeli Yang Resmi & Bergaransi

Dijual rmh LT 275 M2, LB 200 M2, KT 4, KM 2, Tlp2, Perum T.Palem Gd Meneng, strategis dkt unila hb.0811722709 Dijual rmh permanen, LT 600 M2, LB 120 M2 JL.Ratudibalau Gg. Kenanga no.29 (dpn TK AL-Amanah) Tj.Senang bdl hrg Rp.650 jt/ng hub.081379625557

Daler Resmi

Jl. IR.Sutami KM 15 Rejomulyo, Tanjung Bintang, Lampung Selatan.

Jl. Ikan Bawal 37 Teluk Betung telp. 0721 481779, 484714

dikontrakkan Disewakan rumah di Villa Citra A2 berikut barang, full AC, 5KT (1Kmr pembantu). Hub. 0812.9418539. Rmh di Way Halim Permai & kos2an di unila dikontrakan hub. 08127204966, 089636800800, 085279634666

dijual/dikontrakkan

Dijual tanah kebun beserta isi

RUKO

8.000 m2,hrg Rp.150.000/m2 lok

ada dekat rumah sakit jiwa, ada jln

dkt Perum Ragom Gawi atau

tembus di jln baru 70rb/m2 nego

DIKONTRAKAN

dkt SPN kel.Kedaung Kemiling bdl

hub.081369306700

Dikontrakn bgnan ex kntr Jl.P.Emir

hub.0811723540 (TP)

M.Noor no.28, pengajaran T.Betung

Tnh dijual 12.000 m, 4.000 m,

muka No.1 dpn psr pramuka cck

bdl fas.Pam,Tlp,lstrk, luas, hb.0721-

22.000 m, lok.di JL.ZA.Pgr Alam

untuk pemancingan/rmh makan

484266, 481196, 081279193140

Labuhan Ratu B.Lampung & 1540

hub.087899363337 (TP)

TanaH dijual segera Tnh Jl.Perum Polri Gg.Sanoman Rajabasa ls 1400 m2, SHM, An.sendiri hb.Sumarsono 07217325504 hrg ng(TP) BU. Dijual cepat tnh kosong Ls.537 m2 Jl. KH. Anwar (Palapa) Bdl, hrg 1 Jt/M, 2 unit Ruko gandeng di Ps. Tugu. Hub. 0878.9980.7218 (tdk sms) Dijual tnh kosong di Jl.Danau Jepara kedaton luas 253m2 hub.07217463870 Murah tanah 564 m2,SHM,hrg 200 rb/

70 m2, 3KT, 2KM, 1KT Pemb.+KM,

Rmh dikontrakan/bedeng 6 pintu,

tlp,jetpump,perum Griya Imam Bon-

LT 444, AJB, Lok.Jl.Jeruk Kelapa

m,strategis Jl. Wan Abdul Rahman

jol. Hub. 0812.73423131 TP.

7 kobum lamut hrg 250 jt nego

Tj. Gedong Kemiling 085269049494

m, di JL.S.Hamdani (Palapa 10) BL hb.0721702249,3555277 15.000 m, 11.000 m, 16.000 m, & 18.000 m, lok.di JL. Soekarno-Hatta (By.Pass) B.L Hub.0721.788310, 3555277 Tanah ukrn 170 m2, AJB, lok.dpn balai desa sidosari natar, hrg 25 juta nego, hub.081279029666 Tnh, SHM+2,5 HA Jl.Bhayangkara Rajabasa Raya samping perum polri Rp.300rb/m2, TP hub.082176423976, rmh: 0721785466 Tnh 750m2,SHM,Jl Kebersihan (dkt Villa Lamban Gunung) Kel. Kelapa 3 Kaliawi, blkg bts kali 250 rb/m 085367053258

Low kerja Batam PT. Bintang Lima Abadi, PRT, B.Sitter, Toko, Mall, Restoran, Pria/Wanita, 18 th, 40 th, Jl. Pemanggilan No. 48 Natar. Hub. 0813.18252518, 087889688412

Tulis diaplop pojok kanan atas Quality Control Lamaran / CV dikirim Via Pos Ke : PT. Charoen Pokphand Indonesia Feedmill Lampung

PD SAKURA

Dijual tnh ex kdg ayam/kebun luas

hub.0811721532

BTHKN WAREHOUSE p & w MX 25 TH Pdk SMU, Maintenance Pria mx 25 th pdk SMK Listrik/TKJ, Sopir mx 30 th, SIM B1. Lmr lkp dtg lsg Jl. Tembesu 8 Campang Raya Bdl.

Dibidang Pakan Ternak Dengan persyaratan : ~ S1 Peternakan ~ Pria usia 25 – 30 tahun ~ IPK minimal 2,75 ~ Berpengalaman di Quality Control min 2-3 thn ~ Menguasai komputer, MS.Office ~ Menguasai bahasa inggris aktif/pasif

bizhub 164

Tnh L 2610 m2, Jl. Kepayang Pra-

tanah kavling Tnh kavling dkt ktr gubernur kota baru lpg, cash/credit, cv.patok emas hub.081379193637, 081369000064 Tanah kav di Korpri Sukarame Blok B 14 No.20, Lt.425 (17x25), hrg 150 Jt, dikontrakan rmh di Villa Citra, 20 Jt/th. Hb.0812.7928.8828, tdk sms Tnh 720 m2, SHM blk batas dg kali Jl.Kebersihan Kelapa 3 Tjk Pusat (500 m dr Perum Citra Persada) Rp 250.000/m. Hb.0812.7212000, 085269537011.

dijual segera PT. ARTO GROUP dijual serta dgn Aset2nya semua, Aset2 ini terletak dipinggir Jln Raya Lintas di Kandis antar Duri dgn pekanbaru prov.Riau minat hub.085378728305

Dicari patner bisnis makanan utk ibu rmh tangga & mahasiswa bs di kerjakan paruh wkt hb.082130658882

PT. FREEPORT INDONESIA menerima karyawan L/P Stara S1,S2,D3 krm daftar Riwayat,Fhoto 4x6,No.Hp, kirim Via Email:ptfi.asia@gmail.com

Supervisor Quality Control

Tiket murah garuda, sriwijaya, merpati, lion, air asia, sky aviation tiket diantar hub.GEMA TNT (0721) 486100/7467967 SMS booking 081274777959

Dibthkn tentor, Matematika, Fisika, S1 PTN IPK 2,85, Islam, berjilbab bgi perempuan krm lmrn ke Bimbel Eksis Jl Antasari No. 104 B, telp. 0721260706

Dbthkn cpt llsn S1/D3 semua jrsn utk dtmptkn sbg staf management syarat p/w, pnmpilan mnarik, komunikatif & bs bekerja dg team hub.ida 081310141988

DIBUTUHKAN SEGERA

AIRLINES TIKET

PROPERTI ALUMINIUM

Dibutuhkan tnga pengawas proyek perumahan yg brpglmn dibidangnya, bs memimpin (pndd. Min STM Bangunan) usia min 30 thn, marketing perumahan brpglmn (pndd. Min SMA) Lamaran antar langsung ke PT. Dewangga Putra Perkasa (perumahan villa citra 2 blok Z1 no.12, antasari B.lampung) 0721-7621050.

DIBUTUHKAN SEGERA Kami perusahaan swasta yang sedang berkembang, membutuhkan tenaga profesional ditempatkan di seluruh wilayah Lampung untuk mengisi formasi sebagai berikut:

1. Branch Manager (BM) 2. Assisten BM Bidang Penjualan 3. Assisten BM Bidang Collection 4. Supervisor Sales.Showroom Kualifikasi: ~ Pria/Wanita, Pendidikan minimal D3 ~ Berpengalaman dibidangnya min1 th (1,2,3) ~ Mampu mengoperasikan komputer (1,2,3,4) ~ Memiliki kendaraan roda dua (2) Kirimkan lamaran lengkap (cantumkan posisi) ke: PT PLANET INDO ARTA Jl. R. Intan Komplek Ruko Ramayana Blok B No. 3 Bandar Lampung, Telp. (0721) 261499

PARIWARA

minggu, 12 mei 2013

5

LAMPUNG POST

otomotif mobil DIsewaKAN JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813 n UJM RENT CAR New Inova Diesel, New Avanza, antar / jemput bandara, harian / blnan Hub. 260633, 7442800, 085287815588, 081217983555, 087899728656, 085769220808

mobil dijual BMW BMW thn 97 warna biru donker, over kredit atau tunai harga Nego 082177731991

DAIHATSU Jual cpt Xenia Li Family 2005, merah mtlik, ok, full assesoris, BE Kodya, hrg 90 jt nego hub.081279355504 Daihatsu TARUNA FGX’ 2002, warna biru hub. 0823.8042.2222. Daihatsu Xenia xi 1,3 family 2008 hitam mulus kondisi ok terima BE nama pembeli 112jt nego hub. 0819.5723.7155 Dijual cpt Xenia bergaransi dp awal 37jt angs 2,7jt 3th, Hub. 081272341188

HONDA Honda City IDSI Th’2004 Manual, Gold Met, Plat B, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.7221250. JAZZ S’10, M/T, silver, B, KM 16 rb, jarang pakai 085789820056, 081957043056

HYUNDAI Jual cpt siap dpt Hyundai Avega’2008, Hitam Met, B, VV,PW,PS,CD,Asesoris, sistem ok sgt trwt,pribadi.Hb.0812. 85588300, 085669944705 TP, hrg nego lihat pst minat

isuzu Panther Hi Grade’95, Hijau Metalik, ACDB, CD, pjk pjg, BE Kotamadya, 62 Jt nego. Hub. 0857.89886660.

SUZUKI Esteem’94, BE Kodya,mls,1,6 CC, PS,PW, remot, Ng Hub : 081369237531 (tdk SMS) Sidekick’97, BE Kdy, pjk baru, Silver, bgs trwt, milik sendiri, 73 Jt nego. Hub. 703787, 081540841644

TOYOTA KIJANG GRAND EXTRA���93, Warna Abu-abu Metalik, harga nego. Hubungi. 0853.82944440.

New Avanza’12, hitam, BE Kodya DP 75 juta, angs 4,5 juta X 21 bln asuransi all risk hub.0811721532 Kijang Diesel LSX’97,wrn biru metalik, BE kota madya,AC, Power window, remot, msin oke, hub.085269359838 Toyota Avanza1,5 S, th’09 manual, plat B, aqua blue, ACDB, CD, R/T, PW, PS CL, foot step, km rendah mbl bgs & terawat hb.08127221250

TRUCK DIJUAL TRUCK COLD DIESEL CANTER 2008. Dinding plat, lantai kayu, siap kerja, nego. Hub. 08127930001 / O81379895088.

MOTOR DIJUAL DIJUAL MOTOR HONDA CBR 250. Merah.2012. kondisi mulus. nego. Hub: 08127930001 / O81379895088. JUPITER Z’03, pajak hidup, BE kodya, VR, 5,5 jt/ng. Hub. 081930102020

Tips Membeli dan Memilih Velg Racing Mobil Memilih dan membeli velg racing untuk mobil memang tidak sembarang memilih. Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan sebelum mengaplikasikan velg racing ke mobil kesayangan

Mengganti velg mobil standar dengan velg racing atau variasi merupakan salah satu cara paling jitu untuk mendongkrak tampilan mobil kesayangan. Banyak yang berpendapat bahwa hanya dengan mengganti velg standar bawaan mobil dengan velg racing tampilan mobil sudah berubah secara drastis. Kesan sporty dan elegan pastinya akan terlihat lebih tampak. Namun, tent saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda mengganti velg mobil. Salah-salah tampilan mobil tambah keren malah tambah semakin semrawut. Berikut merupakan Tips Memilih dan Membeli Velg Racing Mobil: 1. Sesuaikan Model Velg dengan Tipe Mobil Velg racing palang 5 dengan palang tipis, cocok untuk sedan maupun cutycar. Pemilihan model velg sangat tergantung dengan kesesuaian bentuk dan tipe mobil yang anda miliki. Jika bentuk mobil anda berukuran besar macam minibus, SUV atau MPV, maka velg racing dengan model palang sangat cocok. Namun perlu di ingat, pilihlah yang memiliki palang yang lebar dan jumlah palang yang banyak, sehingga akan menyesuaikan dengan bentuk mobil yang juga besar. Sebaliknya jika mobil anda merupakan mobil compact alias berukuran kecil macam citycar atau sedan, maka pemilihan velg racing model palang dengan palang tipis dan tidak terlalu banyak adalah yang paling ideal. Tapi tidak memungkinkan bagi sedan atau MPV dengan modifikasi ke arah VIP mengaplikasikan velg racing model monoblok, dimana velgnya cenderung rapat atau memiliki sedikit celah lubang.

2. Perhatikan Ukuran Velg Racing Mobil Jangan salah memilih ukuran velg racing mobil yang akan diaplikasikan ke mobil anda. Cermati ukurannya. Cermati ukuran diameter velg, jika mobil anda berjenis SUV maka sah-sah saja jika dipasang velg berdiameter lebih dari 20 inch, karena diameter fender yang juga mencukupi, namun jika mobil anda berjenis sedan, sebaiknya jangan lebih dari 20 inch. Velg racing berdiameter lebar memang membuat mobil tampak lebih sporty, namun tentu akan berdampak pada performa mobil yang semakin berkurang karena bobot velg yang berat. Cermati juga ukuran offset dan lebar agar setelah dipasang tidak terlalu keluar dari bodi mobil. Jangan lupa cermati pula jumlah baut dan ukuran PCD velg racing yang akan anda beli. Pilihlah yang sesuai dengan ukuran PCD dan jumlah baut pada velg mobil standar. 3. Cermati Harga Velg Racing Mobil Harga velg mobil asal eropa macam Carlsson per set-nya mencapai puluhan juta. Jika sudah memilih velg yang pas dan sesuai, selanjutnya adalah mencermati harga pasaran velg racing. Jangan tertipu velg racing bermerk dengan harga sangat murah. Sebagai patokan harga velg racing mobil merek eropa macam Carlsson maupun Project Kahn kondisi baru berada di kisaran 50-60 juta-an per set. Sedangkan untuk merek lain macam 5-Zigen, Enkei, Mugen, BBS maupun Lorinser dipatok di kisaran 3-10 juta-an per set. Untuk mencari velg racing mobil dengan harga yang murah, anda dapat membelinya dalam kondisi bekas yang sering dijajakan di pedangan kaki lima. *int

CMYK

±

±

NASIONAL

minggu, 12 mei 2013 LAMPUNG POST

INTERNASIONAL

± Wakil Ketua PPATK Agus Santoso Kalau rekening ke korporasi, itu mereka jarang lakukan atas nama pribadi. Karena mereka sudah tahu ada PPATK sehingga pencucian itu seringnya menyebar.

6

LINTAS

±

±

Polisi Bekuk Anggota Geng Motor PEKANBARU—Jajaran Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, Riau, membekuk empat anggota geng motor. Salah satunya adalah tersangka pelaku pemerkosaan terhadap seorang gadis. “Pelaku pemerkosa dan juga pentolan geng motor bernama Robi. Saat ini telah kami ringkus,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Pekanbaru Kompol Arief Fajar Satria, Sabtu (11-5). Keempatnya, kata dia, dibekuk dalam razia yang digelar pada Jumat (10-5) malam hingga Sabtu (11-5) dini hari. Pada kesempatan terpisah, Kepala Polresta Pekanbaru Kombes Adang Ginanjar mengatakan selama razia yang dilakukan dalam beberapa hari terakhir, pihaknya membekuk lebih dari 40 anggota geng motor. “Mereka adalah para pelaku kejahatan di jalanan, termasuk pemerkosaan dan perampasan kendaraan sepeda motor,” katanya. Bersama para pelaku ini, pihaknya menyita sejumlah barang bukti yang diindikasi digunakan dalam melancarkan aksi kejahatan di jalanan. Sebelumnya sejumlah korban perampokan dan penjambretan bahkan pemerkosaan yang diduga dilakukan anggota geng motor melaporkan peristiwa itu ke aparat kepolisian setempat. (ANT/U-2)

n REUTERS/MOHSIN RAZA

PEMILU PAKISTAN Mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif (tengah) dari Pakistan Muslim League-N memasukkan surat suara seusai memberikan suaranya pada Pemilihan Umum Pakistan di Lahore, Sabtu (11-5). Rakyat Pakistan antusias mendatangi tempat pemungutan suara meski dibayangi ancaman kekerasan.

Penduduk Miskin Berpotensi Naik JAKARTA—Kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sebesar Rp1.500 per liter berpotensi meningkatkan penduduk miskin di Indonesia hingga 2 juta orang. Hal ini terjadi karena melonjaknya kenaikan harga barang/jasa atau inflasi sebagai akibat naiknya harga komoditas strategis tersebut. “Yang hampir miskin bisa menjadi miskin karena dampak lonjakan inflasi. Ini perlu diantisipasi,” ujar guru besar ekonomi dari Universitas Padjadjaran, Ina Primiana, melalui telepon, Sabtu (11-5). Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo sebelumnya mengungkapkan kenaikan harga BBM bersubsidi akan berdampak langsung terhadap inflasi. BI telah melakukan simulasi apabila pemerintah memberlakukan kenaikan harga BBM dengan besaran kenaikan BBM Rp1.000/liter, penambahan inflasinya adalah 1,62%. Lonjakan tersebut dikontribusikan oleh kenaikan harga pangan sebesar 0,62%, tarif angkutan umum 0,78%, dan dampak lainnya sebagai akibat meningkatnya biaya produksi, transportasi, dan ekspek­tasi peningkatan harga sebesar 0,23%. (MI/U-2)

±

n ANTARA/WAHYU PUTRO A.

REKOR MERAKIT ROBOT. Siswa taman kanak-kanak (TK) mengikuti kegiatan merakit robot yang diprakarsai Roboric Explorer dan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Sabtu (11-5). Sebanyak 1.000 siswa dari 140 TK se-Jakarta Barat berpartisipasi merakit robot untuk memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

±

PKS Bisa Dibekukan JAKARTA (Lampost): Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bisa dibekukan. Hal itu dapat terjadi jika ditemukan adanya aliran dana yang merupakan pencucian uang kasus suap impor daging sapi yang melibatkan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq. Pembekuan partai akibat adanya aliran dana yang merupakan hasil pencucian uang dan masuk ke keuangan partai politik tercantum pada UU No. 8/2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Pasal 6 dan 7. “Kalau ada dana masuk ke partai, ada Pasal 6, pasal itu untuk menjerat korporasi yang menerima. Korporasi itu badan-badan yang memiliki badan hukum. Lalu lanjut ke Pasal 7, pidananya misalnya denda, dibekukan, atau dicabut izinnya,” kata peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Tama S. Langkun, di Jakarta, Sabtu (11-5). Misalnya, lanjut dia, kasus korupsi Hambalang. Jika ada aliran dana hasil korupsi yang mengalir ke parpol, harus dikejar oleh para penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Bagaimana penegak hukum mengejar uang-uang yang

masuk ke orang atau korporasi,” ujar Tama. Tidak hanya itu, Tama juga menambahkan terkait kasus suap impor daging sapi yang melibatkan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq bisa juga berlaku sama. “Kalau uang itu masuk ke PKS, bisa dibekukan atau dicabut,” kata Tama. Wakil Ketua Pusat Pelapor­ an dan Analisis Transaksi Keuang­an (PPATK) Agus Santoso menga­takan ada aliran dana hasil pencucian uang dari Luthfi ke mantan partainya. “Kalau rekening ke korporasi, itu mereka jarang lakukan atas nama pribadi. Karena mereka sudah tahu ada PPATK se­hingga pencucian itu seringnya menyebar,” kata dia. Agus pun menerangkan lebih lanjut, biasanya untuk memasukkan dana ke partai dari hasil pencucian uang, mereka menggunakan layering. “Tidak mungkin menggunakan nama

pribadi ke rekening korporasi. Mereka biasanya menggunakan layering, seperti kerabat atau saudara. Ya seperti itu (ada tapi memakai layering),” kata dia.

Pemiskinan Politikus PKS, Indra, tidak bisa berkomentar apa-apa terkait adanya kemungkinan pembekuan partainya. “Itu biar lawyer yang jawab, yang jelas konsistensi PKS kan bisa dilihat dalam pemberantasan korupsi,” kata anggota Komisi III dari Fraksi PKS dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (11-5). Indra mengharapkan agar KPK lebih jeli dan tajam me­ nindaklanjuti kasus-kasus korupsi. Termasuk jika kasus tersebut menimpa kader atau mantan kader PKS. “KPK follow-up-nya nyaris tidak maksimal,” ujar Indra. Dia juga mendorong KPK menggunakan Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang untuk menjerat koruptor. Tanpa terkecuali untuk kasus dugaan suap dan pencucian uang kuota impor daging sapi yang melibatkan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) dan Ahmad Fathanah. (MI/U-2)

PEMILU PAKISTAN

Pemungutan Suara Dibayangi Kekerasan ISLAMABAD (Lampost): Tercatat setidaknya 130 orang tewas akibat kekerasan yang dilancarkan kelompok militan pemberontak Taliban menjelang pemilu di Pakis­ tan sejak April. Jumlah itu belum termasuk 17 orang yang tewas akibat beberapa ledakan bom di depan kantor Awami National Party (ANP), Karachi, Sabtu (11-5). Ledakan terjadi sesaat sebelum pemungutan suara berlangsung. Dalam ledakan di Karachi tersebut, sedikitnya 42 orang terluka. Ledakan lain juga terjadi di Peshawar. Pejabat kepoliosian setempat, Mohammed Yousuf, mengonfirmasi adanya baku hantam senjata api antara dua kubu pendukung kandidat di Chaman, Baluchistan, yang menewaskan empat orang. Kelompok militan Taliban tampak memenuhi ancam­ an-ancaman serangannya. Juru Bicara Taliban, Ehsanullah Ehsan, mengumumkan pihaknya merencanakan serangan ke sejumlah TPS dan memperingatkan rakyat Pakistan untuk tidak menda-

tangi TPS demi keselamatan mereka, Jumat (10-5). Rakyat Pakistan tetap mendatangi TPS untuk menunaikan hak pilihnya, Sabtu (11-5), di tengah ancaman-ancaman kekerasan itu. “Ya, ada ketakutan, tapi apa yang harus kami lakukan? Apakah diam di rumah dan membiarkan terorisme terus berjalan atau keluar rumah, menunaikan hak pilih, dan menghasilkan pemerintah yang dapat mengatasi masalah terorisme ini,” kata Ali Khan, salah satu pemilih di Peshawar. Pemilu ini merupakan transisi pertama dari pemerintahan sipil ke sipil. Rakyat Pakistan akan memilih 272 anggota parlemen di Majelis Nasional dan 342 anggota legislator untuk empat majelis provinsi. Hasil pemilu dari 70 ribu TPS akan mulai dihitung pukul 22.00 waktu setempat. Beberapa jajak pendapat yang dilaksanakan dua bulan lalu menunjukkan mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif dari Pakistan Muslim League-N diprediksi memenangkan pemilu. (ANT/U-2)

PERGURUAN TINGGI

KABALITBANG MUNDUR

PILGUB BALI

Pendaftaran SBMPTN Dimulai Senin

Forum Rektor Beri Apresiasi

Sembahyang Bersama Akhiri Masa Kampanye

JAKARTA (Lampost): Pendaftaran seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) secara online mulai dibuka Senin (13-5), pukul 08.00. Pendaftaran melalui situs http://ujian.sbmptn.or.id akan berlangsung hingga 7 Juni pada pukul 22.00. Ketua Panitia Pelaksana SBMPTN Akhmaloka mene­ rangkan ujian tertulis dilaksanakan pada 18—19 Juni. Sedangkan pelaksanaan ujian keterampilan akan dilakukan pada 20 dan atau 21 Juni. Pelaksanaan ujian keterampilan ini berlaku untuk beberapa jurusan, seperti olahraga, seni tari, seni musik, sendratasik, dan seni rupa atau desain. Dia mengatakan SBMPTN diperkirakan akan diikuti sekitar 600 ribu peserta. Jumlah kursi yang diperebut­ kan adalah 90 ribu untuk SBMPTN dan 120 ribu kursi untuk SNMPTN. Sebanyak 62 PTN termasuk PT yang dikelola Kementerian Agama seba­ nyak delapan akan ambil bagian dalam SBMPTN 2013. Jumlah PTN yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendik-

±

bud) berjumlah 54. “SBMPTN dapat diikuti peserta yang lulus SMA atau setara mulai 2011-2013,” ujar Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu. Peserta SBMPTN dibagi atas tiga kelompok ujian, yaitu kelompok ujian sains dan teknologi (saintek), kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum), dan kelompok ujian campuran. Setiap peserta boleh mengambil tiga program studi (prodi) hanya dari satu kelompok ujian dan dari PTN mana saja. Biaya pendaftaran untuk kelompok saintek atau soshum Rp175 ribu. Sedang­ kan untuk kelompok campuran saintek dan soshum adalah Rp200 ribu. Ujian keterampilan dibebankan biaya Rp150 ribu per sekali ujian. “Ujian keterampilan dilaksanakan di PTN yang dituju,” ujar Akhmaloka. Menanggapi soal uang kuliah tunggal (UKT), Akhmaloka mengatakan hingga kini besaran UKT masih digodok di Kemendikbud. “UKT masih digodok. UKT akan diberlakukan tahun ini mustinya kan besarannya sudah ada. Kita tunggu saja.” (MI/U-2)

CMYK

SOLO (Lampost): Forum Rektor Indonesia (FRI) mengapresiasi keputusan Khairil Anwar Notodiputro, yang mundur dari jabatan kepala Badan Penelitian dan Pengembang­ an Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kemendikbud). F R I m e n i l a i ke p u t u s a n Khairil itu sebagai bentuk pertanggungjawaban moral yang positif atas kisruhnya pelaksanaan ujian nasional SMA di 11 provinsi. “Itu harus dihargai secara positif, itu ke-

hormatan bagi dia,” kata Ketua FRI Laode M. Kamaluddin di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (11-5). Keputusan untuk mundur dari jabatan ketika gagal menjalankan tugas seperti itu, lanjut Kamaluddin, merupakan sebuah kewajaran. Ia mengatakan pengun­ duran diri Khairil itu harus dilihat secara bijaksana. Kepada Media Indonesia (grup Lampung Post), Khairil Anwar memastikan keputusannya mundur sebagai bentuk

pertanggungjawaban kepada publik. Sebelum memutuskan mundur, dia melakukan tiga hal. Pertama, dia mengatakan dirinya sudah meminta maaf kepada publik dan menjelaskan duduk persoalannya. “Kedua, saya sudah mengawal UN setelah tertundanya UN SMA sederajat di 11 provinsi. Selama sembilan hari dan malam, saya berada di pabrik atau di percetakan agar UN berikutnya baik UN SMA susulan, SMP, dan SD berjalan lancar,” kata dia. (MI/U-2)

n ANTARA/M. RISYAL HIDAYAT

REKOR DESAIN WPAP. Pengunjung mengamati desain wajah tokoh nasional dan Surabaya yang didesain dengan Wedha’s Pop Art Potrait (WPAP) di SMK IPIEMS, Surabaya, Jatim, Sabtu (11-5). Sebanyak 720 wajah tokoh nasional dan tokoh di Surabaya dengan desain WPAP dalam waktu tiga bulan oleh siswa kelas X—XII berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri).

±

KARANGASEM (Lampost): Aca­ ra persembahyangan bersama calon gubernur-calon wakil gubernur Bali menandai penutupan secara resmi masa kampanye Pemilihan Gubernur Bali. Kegiatan digelar di Pura Besakih, Kabupaten Karang­ asem, Bali, Sabtu (11-5). “Penutupan kampanye Pilgub Bali sudah dilangsungkan dengan acara persembahyangan bersama di Pura Besakih Karangasemi,” ujar Ketua Pokja Kampanye Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Sabtu (11-5). Kegiatan dihadiri dua pasangan kandidat yang akan bertarung pada Pilgub Bali, yakni Anak Agung Ngurah Gede Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan diusung PDI Perjuangan dan Made Mangku Pastika-Ketut Sudiker­ta diusung sembilan partai yang tergabung dalam koalisi Bali Mandara (Bali yang maju, aman, damai, sejahtera). Pada rangkaian persembahyangan bersama itu, lanjut Raka Sandi, juga diisi dharma wacana (pencerah­ an) dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali I.G.N. Sudiana,

serta Ketua Majelis Utama Desa Pakraman Jro Mangku Gede Suwena Putus Upadesa yang intinya mengharapkan proses pilgub bisa berlangsung damai. Setelah masa kampanye resmi ditutup, kata Raka Sandi, mulai Minggu (12-5) hingga Selasa (14-5) memasuki masa tenang. Pemungutan suara akan digelar Rabu (15-5). Pada masa tenang selama tiga hari ini, KPU Bali meminta kepada masing-masing tim pemenangan kandidat agar membersihkan semua atribut kampanye. “Mulai besok (Minggu) kami meminta kepada ma­ sing-masing tim pemenangan agar membersihkan semua atribut kampanye karena sudah memasuki masa tenang,” ujar Raka Sandi. Hal ini berlaku di seluruh Bali dan KPU Bali sudah pula berkoordinasi dengan KPU kabupaten/kota serta Panwaslu provinsi. Menurut Raka, kalau sampai Rabu besok belum juga ada pembersihan atribut, pihak pemda dengan ber­ koordinasi dengan Panwaslu bisa melakukan pembersihan atribut kampanye. (MI/U-2)

±

±

±

CMYK CMYK

± ±

minggu, 12 mei 2013 LAMPUNG POST

CMYK CMYK

± ±

OLAHRAGA 7

GP SPANYOL

VARIA SPORT

Mercedes Start di Posisi 1-2

Umpat Wasit, Taj Gibson Didenda

±

± ±

CHICAGO—Kekalahan Chicago Bulls atas Miami Heat pada game kedua semifinal NBA, kemarin, berbuntut panjang. Forward Bulls, Taj Gibson, harus menerima hukuman akibat bersitegang dengan wasit. Dalam pengumumannya, Sabtu (11-5) WIB, pihak NBA meng­hukum Gibson denda 25 ribu dolar AS atau sekitar Rp243 juta akibat mengumpat kepada wasit Scott Foster. Insiden tersebut terjadi pada kuarter keempat saat Heat sudah unggul jauh dan akhirnya menang 115-78. Laga menyisakan 10.13 menit, Gibson dan Joakim Noah harus keluar lapangan karena terkena technical foul, tetapi Gibson tidak langsung mening­galkan lapangan dan malah menyumpah serapah Foster. Merasa bersalah, Gibson menerima dengan lapang dada sanksi denda itu. “Saya tahu, saya pasti mendapatkan hukum­ an. Saya berharap (hukuman) itu bukan sanksi larangan tampil, tapi saya memang pantas dikenai denda,” ujarnya dikutip Yahoosports. (O-3)

Masa Depan Crutchlow Terancam BORMES LES MIMOSAS—Cal Crutchlow mengaku masa depannya di tim Monster Yamaha Tech3 tidak aman. Dia mengaku posisinya tengah terancam pembalap Moto2, Pol Espargaro. Dalam sebuah wawancara dengan BBC Sport, Crutchlow membeberkan fakta pihak Yamaha Factory (tim pabrikan Yamaha) tengah melakukan pembicaraan dengan Espargaro untuk membawanya bergabung pada musim 2014. Namun, pada tahun pertamanya, Pol akan bergabung dengan tim satelit (Tech 3). Crutchlow bukan sembarang bicara. Pembalap Inggris ini mengaku mendapat informasi tersebut dari pemilik tim Tech 3, Herve Poncharal. Dengan demikian, Crutchlow mengaku takut posisinya digantikan pembalap yang notabene adik dari Aleix Espargaro, pembalap MotoGP yang membela tim CRT (Power Electronics Aspar). “Dia (Poncharal) mengatakan kepada saya bahwa Yamaha berpotensi merekrut Pol dan (Tech 3) akan menampungnya untuk musim pertamanya di MotoGP,” ujar Cruthlow kepada BBC. “Rumor yang berhembus dia akan mendapatkan motor pabrikan (di Tech 3) dan akan dikontrak selama 2 tahun bersama Yamaha Factory.” (O-3)

±

n REUTERS/ROBERT GALBRAITH

PEMAIN KUNCI. Center San Antonio Spurs, Tim Duncan (kanan), menepuk kepala rekan setimnya, Tony Parker, pada game 3 semifinal playoff Wilayah Barat melawan Golden State Warriors di Oakland, California, Sabtu (11-5). Duncan dan Parker menjadi aktor kemenangan Spurs atas Warriors 102-92 dan untuk sementara unggul 2-1.

n REUTERS/JUAN MEDINA

KALAHKAN IVANOVIC. Maria Sharapova dari Rusia mengembalikan bola pukulan ke arah petenis Serbia, Ana Ivanovic, pada semifinal turnamen WTA Madrid Masters di Madrid, Spanyol, Sabtu (11-5). Sharapova mengalahkan Ivanovic 6-4 dan 6-3 untuk selanjutnya menantang Serena William di partai puncak.

Serena Tantang Sharapova di Final MADRID (Lampost): Final impian di ajang WTA Madrid Masters terealisasi. Dua petenis teratas dunia, Serena Williams dan Maria Sharapova, akan bentrok di final. Duel kedua ratu tenis dunia itu terjadi setelah keduanya sukses melewati hadangan lawan-lawannya di semifinal, Sabtu (11-5). Serena yang menyandang predikat petenis putri terbaik dunia, lolos ke final usai menyingkirkan Sara Errani. Lewat pertarungan dua set, petenis Amerika Serikat ini sukses menundukkan Errani 7-5 dan 6-2. Sementara itu, Sharapova memastikan langkah ke final usai menumbangkan mantan ratu tenis dunia, Ana Ivanovic. Sama seperti Serena, Masha—sapaan akrab Sharapova—tampil cukup baik dan menghabisi perlawanan Ivanovic dua set langsung 6-4 dan 6-3. Duel Serena vs Sharapova menjadi ulangan final Miami Masters pekan lalu. Dalam duel tersebut Serena sukses mengalahkan Sharapova. Ini juga menjadi

pertemuan ketiga keduanya tahun ini. Dalam dua pertemuan terakhir, Serena selalu mampu mengungguli Sharapova di lapangan keras. Namun, pada ajang ini Sharapova punya peluang mengalahkan Serena. Pasalnya, ajang ini digelar di lapangan tanah liat yang jadi favorit Sharapova. Di bagian putra, dua hasil berbeda diraih petenis papan atas dunia, Rafael Nadal dan Andy Murray, pada perempat final Madrid Masters 2013. Jika Nadal mampu menang dan melaju ke semifinal, hal sebaliknya didapat Murray, setelah takluk dari wakil Republik Ceko, Tomas Berdych. Nadal, yang berhadapan dengan lawan yang sama-sama berasal dari Spanyol, David Ferrer, sempat dibuat kerepotan. Bahkan, pada set pertama, petenis berju-

luk King of Clay tersebut takluk 4-6. Pada set kedua, Nadal nyaris takluk kembali, sebelum akhirnya menang 7-6. Pada set akhir, Nadal mengamuk hingga akhirnya menutup set dengan kemenangan 6-0. Pada babak semifinal, Nadal akan kembali bertemu dengan petenis Spanyol lainnya, yaitu Pablo Andujar, yang melaju berkat kemenangan atas wakil Jepang, Kei Nishikori, 6-3 dan 7-5. Murray, peraih medali emas Olimpiade 2012, dibuat tak berdaya Berdych. Pada set pertama, Murray sudah dibuat kerepotan oleh Berdych dengan memainkan tiebreak hingga akhirnya kalah 6-7 (3-7). Pada set kedua, lagi-lagi petenis asal Britania Raya itu takluk, kini dengan kedudukan 4-6, dan membuatnya harus tersingkir. Pada babak semifinal, Berdych akan berhadapan dengan pemenang laga perempat final lainnya antara Stanislas Wawrinka asal Swiss dan petenis Prancis, Jo-Wilfried Tsonga. (O-3)

BARCELONA (Lampost): Kejutan mewarnai sesi kualifikasi F1 GP Spanyol, Sabtu (11-5). Di tengah dominasi Ferrari dan Red Bull pada sesi latihan, Mercedes membuat kejutan dengan menempatkan dua pembalapnya, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton, sebagai yang tercepat. Mercedes tampil bri­l ian pada sesi kualifikasi di Sirkuit Catalunya, kemarin petang. Rosberg yang tidak sekalipun mampu menemp at i p o s i s i l i m a b e s a r d i sesi latihan bebas I, II, dan III, tampil perkasa di sesi kualifikasi. Pembalap Jerman ini berhasil mencatatkan waktu tercepat 1 menit 20,8 detik pada pertengahan sesi. Meski catatan waktu tersebut tak ada yang mampu mengungguli, Rosberg mempertajamnya menjadi 1 menit 20,718 detik yang bertahan hingga sesi usai. Bagi Rosberg, ini merupakan pole keduanya setelah sebelumnya dia juga sempat membuat kejutan pada F1 GP Bahrain. Dominasi Mercedes dilengkapi dengan kesuksesan Hamilton yang menempati start di posisi dua. Pembalap Inggris ini hanya terpaut 0,254 detik di belakang Rosberg. Sebastian Vettel yang jadi pembalap tercepat pada sesi latihan kedua, mengamankan start di posisi ketiga, meng­ ungguli Kimi Raikkonen dan Fernando Alonso di posisi keempat dam lima. Rekan Alonso di Ferrari, Felipe Massa, yang jadi pemba­ lap tercepat pada sesi latih­an terakhir, harus puas berada di urutan keenam. Romain Grosjean menempati posisi ketujuh, diikuti Mark Webber, Sergio Perez, dan Paul di Resta di posisi 10 besar terdepan. (O-3)

±

±

SEMIFINAL NBA

Heat dan Spurs Memimpin 2-1

±

MIAMI (Lampost): Miami Heat dan San Antonio Spurs untuk sementara memimpin 2-1 pada semifinal playoff NBA di wilayah masingmasing, Sabtu (11-5) WIB. Bertandang ke Chicago pada game 3, LeBron James mencetak 25 poin dan Chris Bosh menambah 20 poin serta 19 rebound ketika Heat menang 104-94 dalam perburuan tim terbaik dari tujuh pertandingan Wilayah Timur, kemarin. Pemain pengganti Norris Cole membuat 18 poin lewat lemparan six-of-seven untuk Heat dan kembali mengalahkan Bulls yang tidak diperkuat dua pemain bintangnya, Luol Deng dan Kirk Hinrich. Game 4 masih digelar di Chicago, Selasa (14-5) WIB. Carlos Boozer mengoleksi 21 poin dan Jimmy Butler serta Nate Robinson masingmasing menyumbang 17 poin untuk Bulls. Pemain Bulls Nazr Mohammed dikeluarkan dari lapangan ketika laga tinggal 9.29 menit pada paruh waktu pertama setelah menjatuhkan James. Dari semifinal Wilayah Barat yang berlangsung di Oakland, tim tamu San Antonio Spurs kembali mengungguli Golden State Warriors.

±

Setelah sempat disamakan kedudukan menjadi 1-1, Spurs kembali unggul 2-1 usai memetik kemenangan 102-92 di game 3. Kemenangan tersebut sangat penting bagi Spurs karena mereka meraihnya di markas Warriors, Oracle Arena, kemarin, sekaligus membalas kekalahan yang meeka derita di markas sen­ diri pada game 2 lalu. Point guard asal Prancis, Tony Parker, tampil menjadi bintang kemenangan Spurs pada laga kali ini dengan mengemas 32 poin, 5 rebound, dan 5 assist. Di belakang Parker, center Tim Duncan menjadi pencetak angka terbanyak kedua dengan 23 poin dan 10 rebound. Di kubu Warriors, Klay Thompson dan Stephen Curry tampil menjadi yang terbaik dengan masing-masing mengemas 17 dan 16 poin. Di belakang keduanya, Carl Landry bangkit dari bangku cadangan dengan mengemas 14 poin. Game 4 masih berlangsung di markas Warriors, Selasa (14-5) WIB. Warriors harus memetik kemenangan pada laga tersebut agar peluang mereka lolos ke final wilayah tetap terbuka. Jika mereka kalah, game berikutnya akan kembali berlangsung di markas Spurs dua hari kemudian. (MTVN/O-3)

CMYK

±

±

CMYK

±

CMYK

±

CMYK

± Roberto Mancini

OLAHRAGA

MINGGU, 12 MEI 2013

“Jika memungkinkan saya ingin melanjutkan pekerjaan dan menghadirkan gelar juara setiap tahunnya. Ini target saya.”

8

LAMPUNG POST

LIGA INGGRIS

±

MANCHESTER— bali bermain, L a ­g a m e l a w a n tapi tidak dengan Swansea City pada Ashley Young dan pekan ke-37 Liga Darren Fletcher. P r i m e r I n g ­g r i s Bila dua laga musim ini, nanterakhir bisa ti malam (12-5), disa­pu bersih, MU a k a n m e n j a ­d i akan mencatat 91 Siaran langsung angka dan melaga ke-1.499 Sir Global TV Alex Ferguson di nyamai peroleMinggu (12-5), han poin terbaik Old Trafford. Ia Pukul 22.00 su­d ah mencatat mereka di musim 894 kemenangan, 1999—2000. Re337 imbang, dan 267 keka- kor mereka adalah 94 poin lahan. pada musim 1993—1994. Sir Alex meraih gelar keSedangkan Swansea City 13 Liga Primer Inggris dan tidak bisa memainkan Mi20 gelar secara keseluruhan chu dan Michael Vorm juga bagi Manchester United. diragukan bisa kembali Mereka akan mengangkat bermain. Namun, Ki Sungtrofi juara mereka di depan Yeung, Chico Flores, dan Rofan usai laga nanti. land Lamah bisa kembali ke Namun, Sir Alex Fergu- tim utama. Gol Itay Shechter son kemungkinan tidak ke gawang Wigan tengah bisa menurunkan skuat pekan lalu merupakan gol terbaik Manchester United. pertamanya sejak 18 bulan Wayne Rooney mungkin di- terakhir. cadangkan setelah memicu Swansea bisa berada di spekulasi akan hengkang di sepuluh besar bila menang. musim panas. Setelah 36 laga, mere­k a Sementara itu, Rafael dis- tertinggal satu angka dari kors karena kartu merah raihan total musim lalu, melawan Chelsea. Danny saat mereka finis di peringWelbeck mungkin bisa kem- kat 11. (MTVN/O-3)

ARSITEK TIM

Mourinho Makin Tersudut di Madrid ±

LIGA EROPA

Jamu Swansea, Momen United Angkat Trofi

MADRID (Lampost): Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, terlibat perang kata-kata via media dengan pemainnya sendiri, Pepe. Kini, makin jelas siapa yang bakal “tersingkir” setelah Presiden Ramon Mendoza Real Madrid Supporters Club, Efigenio Albadelejo, menyatakan dukungan kepada Pepe. Perselisihan di antara keduanya berawal dari kritikan Pepe terhadap sang bos yang mengatakan kalau ia menyesal tidak mendatangkan Diego Lopez lebih awal. Bek asal Portugal tersebut menilai pernyataan Mou itu merendahkan Iker Casillas, yang selama ini telah menjadi kiper utama, kapten dan juga ikon Los Merengues. Albadelejo mengatakan jika pernyataan Pepe hanyalah bentuk solidaritas kepada rekan setim. “Pepe sedang menjalani momen

±

buruk. Tak ada keinginannya mengonfrontasi atau melawan pelatihnya (Jose Mourinho),” ujarnya, seperti dilansir Football-Espana, Sabtu (11-5). “Dia mengatakan apa yang kebanyakan fan Madrid pikirkan. Bahwa Casillas pantas mendapat respek karena dia adalah simbol sepak bola Spanyol dan Real Madrid. Saya rasa apa yang telah Mourinho lakukan tidaklah fair,” kata dia. Albadelejo juga mengatakan apa yang diucapkan Pepe merupakan bentuk kritik dari seorang Madridista sejati. “Dia (Mou) tak bisa menyerangnya seperti itu dengan mengatakan kalau ia frustrasi merujuk pada situasinya dengan Varane. Pepe benar-benar fan Madrid, dan dia akan tetap menjadi Madridista di mana pun dia berada,” ujarnya. (O-3)

Levante Tahan Zaragoza tanpa Gol

n REUTERS/PHILIP BROWN

PAHLAWAN CHELSEA. Gelandang Chelsea, Frank Lampard, melepaskan tendangan kaki kiri yang melewati hadangan bek Aston Villa, Nathan Baker (kiri), untuk mencetak gol penyeimbang pada lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-37 di Villa Park, Birmingham, tadi malam (11-5). Dua gol Lampard pada kemenangan 2-1 Chelsea atas Villa membawa The Blues lolos ke zona Liga Champions musim depan.

Lampard Bawa Chelsea ke Zona LC BIRMINGHAM (Lampost): Frank Lampard menjadi pahlawan Chelsea sekaligus menorehkan tinta emas dalam buku sejarah The Blues. Dua golnya membawa Chelsea menang 2-1 atas Aston Villa pada lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-37, tadi malam (11-5), dan memecahkan rekor pemain tersubur dalam sejarah The Blues. Dengan kemenang­ an ini, Chelsea memastikan diri lolos ke Liga Champions (LC) mu­s im depan. De­ ngan koleksi 72 poin dari 37 laga, The Blues paling apes mengak­ hiri musim ini di posisi empat klasemen akhir (zona playoff Liga Champions). Kini, The Blues mengamankan posisi mereka di urutan ketiga klasemen sementara, unggul lima poin dari Arsenal di posisi keempat dan enam poin dari Tottenham Hotspur di posisi kelima. Tandang ke Villa Park, Sabtu (11-5) petang, Chelsea langsung mengambil inisiatif serangan demi mengamankan peluang mereka lolos otomatis ke Liga Champions. Sementara itu, Aston Villa bertekad

membalas kekalahan memalukan 0-8 pada pertemuan pertama di Stamford Bridge. Tempo tinggi langsung ditampilkan ke­ dua tim dengan Chelsea tampil dominan dalam penguasaan bola. Namun, Villa yang bermain efektif dalam pola serangan balik justru mampu membuka keunggulan lebih dahulu pada menit ke-14 lewat Christian Benteke. Tertinggal, Chelsea langsung merespons. Menit ke-22, Demba Ba lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadap­ an dengan kiper Brad Guzan. Namun, sontekan Ba masih bisa digagalkan Guzan. Delapan menit kemudian, Chelsea kembali mendapat pe­luang lewat tendangan bebas Frank Lampard. Sayang,

bola masih bisa ditepis Guzan dan sempat menerpa tiang, tapi memantul ke sisi luar. Chelsea bahkan harus bermain dengan 10 pemain sete­ lah Ramires menerima kartu kuning kedua pada menit akhir babak pertama menyusul pelanggaran kepada pemain Villa. Skor 1-0 untuk Villa bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, pelatih Rafael Benitez langsung melakukan perubahan de­ ngan menarik Victor Moses dan memasukkan David Luiz untuk menjaga keseimbangan di lini tengah. Menit ke-55, giliran Villa yang harus bermain dengan 10 pemain. Benteke mene­rima kartu kuning kedua sete­lah mengangkat kaki terlalu tinggi saat berduel dengan Terry. Tiga menit berselang, publik Villa Park terdiam. Frank Lampard sukses mencetak penyeimbang yang juga gol ke-202-nya saat berseragam The Blues. Gol ini juga menyamai rekor gol terbanyak dalam sejarah Chelsea yang dipegang Bobby Tambling. Umpan Eden Hazard di sisi lapangan berhasil dimaksi-

malkan Lampard di tepi kotak penalti. Dengan sekali kontrol, Lampard melepaskan tembakan kaki kiri keras ke pojok kanan gawang Brad Guzan. Kontroversi terjadi pada menit ke-71. Tendangan keras Gary Cahill sempat diblok bek Villa di garis gawang. Bola bergulir lemah di garis dan coba didorong Ba lalu diamankan Westwood. Pemain Chelsea mengklaim bola telah melewati garis gawang, tapi wasit Lee Mason tidak meng­anggap demikian dan laga dilanjutkan. Terus menggempur, Chelsea akhirnya berbalik unggul pada menit ke-87. Lampard yang kontraknya akan habis pada akhir musim ini sukses meneruskan umpan silang Hazard di sisi gawang. Ini merupakan gol ke-203 dan praktis dia kini mencatatkan rekor sebagai bomber tersubur dalam sepanjang sejarah Chelsea. Tambahan waktu tujuh menit, kedua tim masih terus melancarkan serangan. Beberapa peluang tercipta, tapi hingga peluit panjang dibunyikan wasit, skor 2-1 untuk Chelsea tidak berubah. (O-3)

±

VALENCIA (Lampost): Levante yang kehilangan dua pemain karena kartu merah sukses menahan imbang tim tamu Real Zaragoza 0-0 dalam laga lanjutan La Liga, Sabtu (11-5) dini hari WIB. Levante kehilangan gelandang Papakouli Diop yang terkena kartu merah karena pelanggaran keras pada menit ke-53 dan kemudian pemain belakang Pedro Lopez yang mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-90. Setelah tersingkir dari Liga Eropa di babak 16 besar oleh klub Rusia Rubin Kazan pada pertengahan Maret lalu, performa Levante terus turun. Klub yang bermarkas di Valencia itu hanya berhasil meraih kemenangan dari delapan laga La Liga terakhir. Hasil imbang itu membuat Levante tertahan di peringkat ke-12 klasemen dengan raihan 42 poin. Adapun Zaragoza masih belum lolos dari kemungkinan terkena degradasi karena mereka kini berada di peringkat ke-16 klasemen, unggul dua poin dari zona degradasi. Dari Ligue 1 Prancis, eks striker Chelsea, Salomon Kalou, mencetak dua gol untuk mengantarkan Lille menang atas Stade Reims, kemarin dini hari WIB. Kemenangan itu mengantarkan Lille naik ke peringkat keempat klasemen sementara dan membuka peluang lolos ke kompetisi Eropa pada musim depan. Striker Pantai Gading itu membuka kemenangan Lille pada menit ke-20 dan menutup kemenangan Les Dogues pada menit ke-77. Gol kedua Lille dicetak Dimitri Payet pada menit ke-49. Lille kini mengantongi 60 poin saat kompetisi menyisakan dua laga, tertinggal tiga poin dari Lyon yang berada di peringkat ketiga, posisi L i g a C h a m p i o n s t e ra k h i r Ligue 1. Lyon akan menjamu pemuncak klasemen Paris SaintGermain nanti malam (12-5). Lille memiliki poin yang sama dengan peringkat kelima Nice dan unggul satu poin dari St. Etienne. (MTVN/O-3)

±

OFFSIDE

±

Mancini Akui Posisinya Rentan

AVB Minta Bale Teken Kontrak

Gerrard Siap ‘Meledak’ Musim Depan

MANCHESTER—Manajer cini mengatakan Piala FA matkan pekerjaannya di masa depan juru taktik setelah Manuel Pelsiang bersama Direktur Begiristrain. Mancini begitu berjuara di Wembley mengakui pula cukup. “Saya medalam empat tamereka tetap mebetul dunia sepak situasi seperti Mancini hanya erja selama ini bermungkinkan saya pekerjaan dan mengsetiap tahunnya. Ini Menurut Mancini, sebuah klub memiyang bisa mengambil Tetapi sekarang saatpekerjaan dengan trofi untuk diraya-

LONDON—Pelatih Tottenham Hotspur Andre Villas-Boas (AVB) meminta Gareth Bale untuk menandatangani kontrak baru di White Hart Lane dan mengakhiri spekulasi yang mengait-ngaitkannya dengan Real Madrid. Meski pemain yang baru dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Utama Inggris itu masih terikat kontrak sampai 2016, Hotspur berniat memberi kenaikan gaji kepada Bale untuk menangkis ketertarikan Real setelah sang pemain sukses mencetak 20 gol pada musim ini. “Akan bagus bagi dia untuk menandatangani kontrak baru,” kata Villas Boas, yang timnya yang masih menduduki peringkat kelima klasemen, tertinggal satu angka dari tim peringkat keempat Arsenal dan terpaut tiga angka dari tim peringkat ketiga Chelsea. “Saya pikir ia layak mendapatkannya untuk musim yang ia miliki. Tentu saja kami dapat menepikan semua spekulasi tunggal yang muncul,” ujar arsitek Portugal itu. Dia juga mengatakan Gareth Bale tidak akan mengikuti David Moyes ke Old Trafford musim depan. Bale memang dikaitkan dengan sejumlah klub besar di Eropa, termasuk (MTVN/O-3) Manchester United.

LIVERPOOL—Untuk kesekian kalinya, Liverpool gagal bersaing menembus tempat empat besar klasemen Liga Primer Inggris. Hal ini menumbuhkan tekad sang kapten, Steven Gerrard, untuk tampil lebih baik musim depan. Gerrard merasa penampilannya musim ini bukanlah yang terbaik karena dia kerap diganggu cedera di pundak kirinya. “Ini mengecewakan. Sejujurnya, bermain setiap pertandingan liga bukan prestasi pribadi yang sangat penting, yang lebih penting ialah saya harus fit dan tersedia untuk tim,” ujar sang kapten dikutip The Sun, Sabtu (11-5). “Kini, antara staf medis dan saya telah memutuskan keputusan terbaik untuk mendapatkan penanganan terbaik sehingga saya bisa fit 100 persen untuk pertandingan pramusim,” ujar Gerrard. Akibat cederanya itu, pemain yang akrab disapa Stevie G harus rela menepi di dua pertandingan terakhir Liverpool melawan Fulham dan Queens Park Rangers. (O-3)

Roberto Mancini

Gareth Bale

Steven Gerrard

n AP

n AP

n REUTERS

±

Manchester City Roberto Manbelum tentu bisa menyelaEtihad Stadium. Spekulasi asal Italia ini makin gencar legrini kedapatan makan Sepak Bola The Citizen Txiki nafsu mengunci gelar tahun ini. Namun, dia satu trofi mungkin tidak menangkan tujuh trofi hun bersama Inter dan mecat saya. Saya tahu bola untuk memahami sekarang.” ingin memastikan kinjalan bagus. “Jika meingin melanjutkan hadirkan gelar juara target saya.” amat penting bagi liki seorang manajer banyak keputusan. nya menuntaskan membawa pulang kan. (MTVN/O-3)

CMYK

±

CMYK

±

±

CMYK

±

mINGGU, 5 mei 2013 LAMPUNG POST

refleksi

±

DJADJAT SUDRADJAT

Mei

CMYK

±

±

wawancara Pesisir Barat Menuju Kota Internasional 9

±

SEGALANYA berawal dari sini, Mei. Bulan penuh tanda.

Di sini yang ak hir dan yang awa l sa l i ng berebut , sa l i ng bertaut. Di sini yang busuk dan

KABUPATEN Pesisir Barat resmi menjadi daerah otonomi baru di Lampung. Mendagri juga sudah melantik Kherlani menjadi penjabat bupati Pesisir Barat, 22 April 2013.

yang khusyuk saling menegasi, kemudian saling menyapa, dan bersekutu akhirnya. Di sini sebuah rezim diakhiri, sebuah rezim dimulai. Tapi yang

Applaus selebrasi luar biasa para tokoh adat di gedung DPR saat pengesahan Kabupaten Pesisir Barat pada 25 Oktober 2012 lalu telah berganti menjadi tantangan. Kini, daerah otonomi ke-15 di Provinsi Lampung ini telah memiliki pemerintahan. Selain penjabat bupati, pejabat eselon II juga telah dilantik. Bagaimana masyarakat menyambut kelahiran otoritas pemerintahan yang baru ini? Berikut petikan wawancara Sudarmono dari Lampung Post dengan Kherlani, penjabat bupati Pesisir Barat, di rumahnya, Sabtu (11-5).

akhir dan yang awal hanyalah sebuah kata yang berbeda secara semantis, tapi tak tegas secara ideologis. Keduanya jadi samar. Di bu lan Mei su k sesi d itanda i dengan t raged i. Seperti yang sudah-sudah, seperti terjadi di banyak negeri yang tak paham bagaimana seorang pemimpin diganti. Di sasi Mei kekerasan seperti menabalkan ku ltur lama yang ak rab d i nusantara. Maaf, k ita bu kan bangsa yang ramah dan sant u n! Li hat lah d i set i ap w i l aya h. Merek a u mu m nya ber si m bol kekerasan.

Anda ditunjuk Gubernur untuk memimpin Pesisir Barat sebagai kabupaten baru. Apa yang Anda pahami tentang daerah itu?

Me i , I ndone s i a d i aw a l i (s eja k Boe d i Oetomo), diakhiri (Orde Baru), dan dimulai (Reformasi). Tapi, yang terluka bahkan binasa selalu mereka yang tak

Tak berlebihan saya katakan, Pesisir Barat adalah mutiara yang belum terasah. Oleh karena itu, ini menjadi tugas saya untuk mengoordinasikan dan menggalang kekuatan yang ada untuk sama-sama membangunkan potensi besar ini agar memberi manfaat maksimal untuk kesejahteraan rakyat.

berdosa. Selalu begitu setiap revolusi tiba. Ketika itu taman-taman kota tak dihuni para peri, tapi para pendusta. Mei adalah puncak kepedihan dan harapan yang tumpah menjadi gelora liar. Ia menggelegak untuk segera sebuah menumbangkan sebuah rezim, tapi tak memutus kultur loba mengurus negara. Mei pun, jadi serupa air bah. Ia datang cepat, seolah mengubah

Potensi apa yang paling unggul?

sega l a ny a , t api h a ny a men g h a s i l k a n t i m bu n a n

Sektor pariwisata. Ini luar biasa. Saya membayangkan, Krui dan sekitarnya menjadi kota internasional. Segala sesuatunya mendukung untuk ke arah tersebut.

sampah. K i n i set iap meng i ngat Mei 1998, sat u setengah d a s aw a r s a s i l a m , ad a y a n g me n g i n g at s e b u a h trauma. Ini yang disebut sebagai bulan gelap, tentang

±

pembantaian ratusan manusia, warga negara, tapi

Apa amanat dari pemerintah menugaskan Anda menjadi penjabat bupati?

tak ada aparat negara yang terkena dosa, kecuali segelintir prajurit. Sejarah gelap ini akan dibawa sampai ke mana?

Ada tiga hal. Pertama, saya harus memastikan birokrasi pemerintahan kabupaten berjalan, meskipun dengan sumber daya yang ada dan menyiapkan infrastruktur perkantoran. Kedua, segera memfasilitasi terbentuknya DPRD. Ketiga, memfasilitasi dan mengantarkan rakyat Pesisir Barat mendapatkan bupati definitif.

Mei adalah panggung bagi para petualang politik, juga orang-orang lama, kaum pendengki, para bigot, juga pastilah kaum mahasiswa, juga rakyat yang marah. Saat itu Indonesia seolah hendak ditegakkan, tapi lama-lama seperti tengah dihancurkan. Mei, kaum muda yang menumbangkan rezim serupa monster, k ini berserak-serak, sebagian bersekutu dengan mereka dari “rezim monster” yang dulu mereka lawan. Mei, juga utang kemanusiaan yang belum terbayarkan.

Apakah ada perubahan dari desain panitia pemekaran dulu?

Ia akan terus jadi trauma. ***

Secara umum semua berjalan selaras. Namun, berbagai pertimbangan dan usulan baru saya sampaikan. Misalnya soal lokasi pusat pemerintahan di mana akan dibangun perkantoran. Dalam draf panitia pemekaran, lokasi perkantoran ada di Krui, Kecamatan Pesisir Tengah. Tetapi dengan berbagai pertimbangan, lokasi itu akan kami geser ke lokasi yang berbeda.

Member of Media Group Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti

±

Redaktur: Heru Zulkarnain, Hesma Eryani, Muharam Chandra Lugina, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Kristianto, Lukman Hakim, Musta’an Basran, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Vera Aglisa. Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Delima Napitupulu, Iyar Jarkasih, Ricky P Marly, Sony Elwina Asrap. LAMPOST.CO Redaktur: Amirudin Sormin. Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman. Content enrichment redaktur: Alhuda Muhajirin. Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Susilowati. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Nani Hasnia. Desain Grafis redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto. Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi. Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata.

±

Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sudiono (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Meza Swastika, Mif Sulaiman, Sayuti, Widodo. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, ­WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU M ­ EMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

CMYK

BIODATA Nama

: H. Kherlani, S.E., M.M.

Kelahiran

: Gunungkatun, 4 Mei 1962

Ayah

: H. Tuan Suwarno

Ibu

: Hj. Rohmah

Istri

: Sudarmi, M.Kes.

Anak

: 1. Muhammad Diki Herlanda

Apakah tidak menyalahi prosedur?

2. Muhammad Darmawan Herlanda 3. Muhammad Dariski Herlanda Pendidikan

:

- SDN Gunungkatun (1974) - SMPN 2 Bandar Lampung (1977) - SMAN 2 Bandar Lampung (1981) - S-1 FE UBL (1989) - S-2 FE Unila (2005) Jabatan :

Tidak. Itu dimungkinkan secara aturan dan perundang-undangan.

Pindahnya ke mana? Di Kecamatan Pesisir Selatan. Tempat pastinya tidak saya buka sekarang. Pertimbangannya, Pesisir Barat ini dalam grand design adalah menjadi daerah pariwisata utama di Lampung. Oleh sebab itu, kompleks perkantoran juga harus mempertimbangkan aspek strategis dalam arti view yang punya daya tarik pariwisata pula. Makanya, saya membangun wacana kantor bupati berada di ketinggian bukit dengan view menghadap laut.

ini segera berjalan dan bisa melakukan percepatan pembangunan.

Bagaimana dengan warga daerah yang telanjur tahu rencana daerahnya akan dibangun kantor bupati? Lokasi itu tetap kami pakai. Pak Gubernur saat melantik pejabat eselon II akhir bulan lalu mengatakan akan membangun rumah sakit, sekolah unggulan, masjid agung, dan fasilitas lain di lokasi itu. Jadi, masyarakat tidak keberatan karena visinya jelas.

Kota internasional. Seperti apa konsepnya? Ya, ini berangkat dari kesadaran akan potensi kami. Pesisir Barat punya bentang pantai yang menghadap ke laut lepas sepanjang 210 kilometer. Di ruasruas itu, tanpa diundang, wisatawan mancanegara sudah datang untuk menikmati alam. Mereka melakukan surfing dan aktivitas wisata lainnya. Nah, ini harus kami sambut.

Langkah konkretnya? Selama apa pun pariwisata itu tumbuh, pemerintah harus hadir. Kami akan memberi perhatian maksimal untuk suasana pleasure di pantai-pantai kami yang sangat indah itu agar semakin kondusif.

Apa yang paling dibutuhkan? Pertama, keamanan. Ini kunci. Kami bersyukur Pesisir Barat keamanannya sangat kondusif dan itulah yang harus kami pelihara dan tingkatkan. Kedua, memberi kemudahan dengan fasilitas pendukungnya. Misalnya, infrastruktur jalan yang baik, tersedianya aneka fasilitas yang dibutuhkan wisatawan. Beberapa hari lalu saya sempat bicara dengan orang bank, minta agar di Krui atau sekitarnya dibuka money changer. Nah, masak mau menukarkan uang harus ke Pringsewu dari Krui. Itu contoh konkretnya.

Apakah proyek yang dirancang oleh kabupaten induk sebelumnya, seperti lapangan terbang Serai masih kompatibel dengan desain Anda? Ya, tentu saja. Semua aspek akan menjadi bahan pertimbangan. Insya Allah, lapangan terbang Serai itu akan mulai didarati pesawat Susi Air mulai Juni ini.

Wilayah Pesisir Barat ini mayoritas kawasan konservasi berupa hutan. Bagaimana hitunghitungan ekonominya? Benar. Datanya, ada 65% kawasan hutan. Tetapi, tidak semua kawasan itu tidak bisa dimanfaatkan masyarakat. Ada hutan produksi yang memberikan pendapatan kepada warga. Selain itu, ada deposit tambang emas dan bahan tambang lainnya. Itu bisa dimanfaatkan, tetapi memang harus pakai teknologi yang tidak merusak hutan.

Sebagai pemegang otoritas pemerintahan tertinggi di Pesisir Barat, apa janji Anda untuk kesejahteraan rakyat? Saya hanya dapat tugas dan saya tidak berjanji. Tetapi, saya sudah identifikasi potensi dan opsi-opsi bagaimana menyejahterakan rakyat Pesisir Barat yang mayoritas nelayan dan petani.

Kasubbag Rumah Tangga Dinas Pasar Kota Bandar Lampung Kasubbag Anggaran Bagian Keuangan Kota Bandar Lampung Kabag Keuangan Kota Bandar Lampung Kabid Pajak pada Dispenda Kota Bandar Lampung Kabag Keuangan Kota Bandar Lampung Kabag BPKD Kota Bandar Lampung Wakil Wali Kota Bandar Lampung Kepala Badan Diklat Provinsi Lampung

Anda belum punya DPRD sebagai perwakilan rakyat. Apa itu tidak otoriter? Sama sekali bukan. Saya sampaikan gagasan itu kepada 16 saibatin marga dari seluruh Pesisir Barat. Memang itu wakil warga dalam arti informal. Tetapi keputusan ini juga tidak menyalahi undang-undang.

Kepala Biro Organisasi Setprov Lampung

Bagaimana dengan panitia pemekaran?

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung

Saya juga sangat bersyukur. Pak Aidin Adlan, ketua panitia pemekaran, sangat respek dengan rencana ini. Bahkan, mereka sangat antusias membantu. Intinya, agar pemerintahan Pesisir Barat

Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Lampung Penjabat Bupati Pesisir Barat

±

±

Ada masalah dengan masyarakat adat? Tidak sama sekali. Ini saya syukuri. Malah, mereka antusias mendorong tugas dan gagasan-gagasan saya.

Bagaimana pertimbangan budaya lokal berkaitan dengan masuknya budaya amat berbeda yang dibawa wisatawan asing? Masyarakat paham dengan kondisi ini. Saya sudah berinteraksi dengan mereka, dan ternyata saling menghormati. Warga kami sangat welcome, wisatawan juga tahu menempatkan diri dan menyesuaikan dengan budaya setempat. n

CMYK

±

±

CMYK

±

CMYK

±

±

KELUARGA mINGGU, 12 mei 2013 LAMPUNG POST

10

Agar Tak Bangkrut karena Gaya Hidup

±

±

TIDAK ada yang berkuasa menentukan gaya hidup seseorang kecuali diri sendiri. Agar tidak bangkrut karena gaya hidup yang konsumtif hanya demi gengsi, kuncinya cuma satu, “Jujurlah pada diri sendiri,” kata perencana keuangan, Prita Ghozie. Jujurlah dengan jumlah penghasilan, serta berapa besar kebutuhan kini dan masa depan keluarga Anda. Anda juga harus mengetahui cara membagi-bagi penghasilan itu. “Kita harus membagi penghasilan itu untuk hidup hari ini, hidup masa depan, dan juga untuk dana cadangan kalau sampai terjadi apaapa. Dan pada saat semuanya sudah dilakukan, kalau masih ada sisa uang silakan dipergunakan untuk gaya hidup yang diinginkan,” ujar Prita. Menurut Prita, gaya hidup yang bikin bangkrut adalah membeli sesuatu padahal uangnya belum d ianggarkan. Contohnya membel i suatu barang yang tengah dipromosikan, tapi belum tentu akan dipakai. Program cicilan pun menjadi faktor kebangkrutan karena memunculkan utang. Bila memiliki gaya hidup tinggi dan membeli suatu komoditas dengan pembayaran tunai, artinya orang itu tak berinvestasi. Jika gaya hidup tinggi dan membeli barang-barang dengan berutang, Prita memastikan mereka akan bangkrut. “Saya tidak bilang bahwa orang tidak boleh pakai kartu kredit, boleh sekali pakai

±

kartu kredit tapi jangan sampai saat tagihannya datang, tidak dilunasi,” kata dia ambahnya. Sah-sah saja bila ingin berutang. Namun, itu untuk kebutuhan mendesak dan sangat penting, seperti membeli rumah atau modal bisnis. Hindarkan berutang untuk membeli makanan atau minuman dan sesuatu yang bersifat gayagayaan. Cara bijaknya, yaitu utang tak melebihi penghasilan bulanan. Pada saat tagihan kartu kredit, usahakan lunasi utang tersebut. Bagi pengoleksi barang-barang tertentu, cara menghi ndari kebangk r utan dengan kegiatan garage sale. “Garage sale saat ini di Indonesia sudah banyak, terutama di Jakarta. Dari situ uang bisa terkumpul jutaan rupiah

asal jangan sampai jutaan rupiahnya dipakai lagi buat yang lain. Harusnya uang tersebut bisa dialihkan untuk sesuatu yang sifatnya investasi atau menabung,” ujar Prita. Bag i pasangan suam i ist r i, Pr ita menyarankan keduanya mengomunikasikan hobi masing-masing. Jadi keduanya punya anggaran khusus untuk memenuhi hobi tersebut sehingga kecemburuan soal keuangan tak muncul di antara keduanya. “Selama salah satu pasangan suami istri membelanjakan dari pos yang memang khusus dialokasikan untuk dia, sebenarnya tidak apa-apa. Namun, hal ini masih harus tetap dikontrol agar tidak berlebihan,” kata dia. (METROTVNEWS/M-2)

Berduaan Sambil Nostalgia Masa Kecil

±

MENGINGAT masa kecil adalah hal yang membahagiakan. Tidak ada salahnya Anda dan pasangan mencari waktu berduaan dan menelusuri lagi kenangan masamasa indah itu. Caranya bervariasi, bukan hanya de­ ngan menonton beragam film lawas, berkemah, atau jalan-jalan ke kebun binatang. Lima kegiatan ini bisa untuk referensi: Ke Kebun Binatang Berjalan-jalan di kebun binatang adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang tentu kita sangat sukai kala kecil. Melihat tingkah hewan, seperti kuda nil, gorila, lumba-lumba, atau jerapah, tentu akan membuat gairah kekanakan Anda dan pasangan muncul. Berkemah Selain bisa ikut kawan-kawan pencinta alam, Anda juga bisa memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah Anda untuk berkemah. Setelah memastikan anak Anda tidur, habiskan malam Anda berdua di alam dengan saling berpelukan atau bercerita. Main Permainan Papan Singkirkan PlayStation, Wi-Fi, dan iPad. Bawa kembali ingatan dan kemampuan Anda tentunya dalam berstrategi  memainkan pemainan papan tradisional, seperti monopoli dan ular tangga.

±

Bersepeda Bersepeda juga bisa membuat kita kegirangan seper­ ti anak kecil karena aktivitas ini mengingatkan kita akan betapa senangnya bersepeda bersama kawankawan kala kecil. Jadi jika Anda memiliki sebuah tujuan liburan, coba ajak pasangan pergi kesana dengan me­ ngendarai sepeda. (HOWABOUTWE/M-2)

±

CMYK

±

±

CMYK

±

CMYK

±

minggu, 12 mei 2013

LAMPUNG POST

±

±

pariwara 11

Tips Cara Merawat Kamera dan Lensa Agar Lebih Awet ±

Kamera digital seperti halnya barang elektronik konsumen lainnya, membutuhkan perawatan ekstra. Mereka memiliki komponen sensitif yang mudah rusak kalau kita ceroboh memegangnya. Berikut beberapa hal praktis agar kamera dan lensa anda lebih awet: Kecuali kalau kamera atau lensa anda jelas-jelas dinyatakan waterproof atau weather sealed, jauhkan mereka dari air dan basah. Air bisa menimbulkan kelembaban didalam internal kamera dan bisa membuat komponen internal rusak. Kamera weather sealed juga bukan berarti anda bisa memasukannya ke air. Batere lithium-ion biasanya bertahan dalam 500 kali siklus recharge sebelum kerjanya mulai menyusut, kalau memang sudah waktunya jangan kaget kalau memang minta ganti. Buang sampah batere ditempat khusus (meskipun pengelolaan sampah kita tidak pernah memisahkan jenis limbah apapaun). Selalu jaga kebersihan lensa. Saat membersihkan lensa, jangan langsung semprotkan cairan pembersih ke lensa, semprotkan dulu ke lap microfiber sedikit saja lalu baru usapkan lap microfiber tersebut ke lensa. Anda bisa membeli lap microfiber di swalayan besar. Matikan kamera sebelum mengeluarkan batere atau memory card dan saat anda mencolokkan ke komputer, kamera memiliki komputer didalamnya dan bisa jadi tidak tahan terhadap perubahan arus listrik secara mendadak. Strap kamera ada agar kamera anda tidak gampang jatuh dengan tidak sengaja, kalau memang merasa tidak nyaman memakai strap bawaan, belilah yang lebih nyaman. Hindari meninggalkan kamera didalam mobil dalam waktu yang lama apalagi jika mobilnya terkena panas matahari langsung. Kamera memiliki rentang suhu aman dan akumulasi panas didalam mobil beresiko melebihi rentang tadi. Kandungan garam dilaut bersifat korosif bagi komponen logam yang ada di dalam kamera maupun lensa sehingga berpotensi menghasilkan karat. Setelah memotret di dekat laut, bersihkan kamera dengan lap yang sedikit dibasahi untuk menghilangkan sisa garam yang menempel di kamera, sedikit saja jangan terlalu banyak. Setelah itu lap lagi dengan lap hingga benar-benar kering. Kamera dan lensa memiliki bagian bergerak seperti tombol, dial, engsel pintu batere dan memory card, focusing ring dan putaran zoom lensa. Kalau ada yang macet jangan diputar atau dibuka dengan paksa. Kalau memang tidak paham, bawa ke teman yang paham atau bawa ke service center. Kalau dipaksa bisa jadi ada bagian yang patah. Baca tips mengganti lensa DSLR saat anda memotret diluar ruangan untuk meminimalkan resiko kemasukan debu. Periksa ada tidaknya debu di sensor kamera DSLR anda , kalau memang terdeteksi ada, gunakan blower. Jika blower tidak bisa menghilangkan debu, bawa ke service center. Simpan kamera di tempat yang kering dan tidak terkena cahaya langsung. Kalau memang ada budget, beli dry box atau dry cabinet sehingga kita bisa mengontrol tingkat kelembaban.*int

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

±

CMYK CMYK

± ±

CMYK CMYK

± ±

± ±

DUNIA

ANAK

mINGGU, 12 mei 2013

12

LAMPUNG POST

Pinu

n Cerita Anak

± ±

Oleh: Ratno Fadillah

P

inu adalah seekor peng u i n keci l. Ia senang sekali bermain di atas pasir. Ia juga senang melompat-lompat di atas bebatuan di tebing pantai. Ia sering melompat hingga puncak tebing. Bersama teman-temannya, Pinu kerap berlomba memanjat tebing dan menuruninya. Pinu memang tak selalu menang. Namun, Pinu tak pernah merasa lelah. Sore it u, huja n bar u saja reda. Sekumpulan burung elang terbang melintasi pantai. Pinu sedang berdiri di atas tebing memandangi langit. Ia melihat sekawanan elang terbang. Ia begitu takjub melihatnya. “Wah… asyik sekali bisa terbang di udara,” gumam Pinu. “Pinu, ayo kita turun. Hari mulai gelap,” teriak Ibunya. Pinu diam saja. Ia mengabaikan seruan ibunya. Ia masih terpesona dengan sekawanan elang yang terbang meliuk-liuk di udara. “Pi nu, ayo k ita pu lang! Kawankawanmu sudah turun ke bawah.” “Iya, Bu.”

“K au l i hat apa, Pi nu? Elang it u berbahaya. Kau bisa diterkam dalam sekejap.” Pinu melompat-lompat kecil menuruni tebing. Ibunya mengikutinya dari belakang. “Aku ingin terbang seperti elang itu, Bu,” ujar Pinu.” “Asyik sekali bisa terbang seperti itu. “Aku bisa melihat lautan, bahkan mungkin menghampiri matahari,” lanjut Pinu. Kening Ibu Pinu berkerut. Ia berpi k i r sejena k. Mencoba mem ber i jawaban yang tepat untuk Pinu. “Aku kan sudah punya sepasang sayap nih, Bu. Sepertinya aku hanya perlu berlatih keras agar bisa terbang tinggi seperti elang itu.” “Itu bukan sayap, Pinu. Tapi, itu sirip. Siripmu memang berbeda dengan ikan-ikan lain. Dan siripmu itu untuk berenang dan menjaga keseimbangan tubuhmu saat kau berjalan dan melompat,” jawab Ibunya. “Ah! Aku tetap akan mencobanya, Bu. Aku yakin ini bukan sirip biasa. Aku akan buktikan bahwa penguin juga bisa terbang.” “Hmmm…!” Ibu Pinu tak bisa mencegah keinginan keras Pinu. Ibunya hanya bisa menggeleng-geleng kepala.

±±

*** Tanpa diketahui ibunya, keesokan harinya Pinu langsung belajar terbang. Pinu berlatih mengepak kan siripnya berulang-ulang seperti burung. Setelah merasa kuat. Kemudian Pinu lompat dari batu karang di pinggir pantai. Ia lompat sekuat tenaga. Agar lompatannya itu menjadi daya dorong untuk terbang. Namun, Pinu hari itu celaka. Kedalaman air pantai di hadapannya dangkal. Ia jatuh membentur batu karang. Sirip kanannya terluka dan tak bisa digerak kan. Kakinya pun terluka. Pinu merasakan sakit bila berjalan dan melompat. K ini Pinu bukan hanya tak bisa berenang, jalan dan melompat pun ia tak bisa. Saat berhadapan dengan Ibunya, Pinu tertunduk diam. Sebenarnya Ibu Pinu ingin marah. Namun, melihat luka Pinu, Ibu Pinu just r u mem bant u mem bersi h kan luka itu. “Maafkan Pinu ya, Bu,” sesal Pinu. “Suda h la h, ya ng pent i ng k a mu selamat.” “Iya, Bu. A ku harusnya bangga. Burung punya sayap, tapi tak bisa berenang sepertiku. Hehehe….” n

n ferial

n PUISI

n TAHUKAH KAMU

Ditemukan Ikan Aneh di Antartika ± ±

LAUTAN memang menyimpan banyak misteri. Sebelumnya pernah ditemukan cumi-cumi dan ubur-ubur raksasa, kali ini ditemukan spesies ikan baru berbentuk aneh. Penemuan ini dilansir dari Live Science, Sabtu (11-5). Pada 2009 sampai 2010, pelaut asal Ukraina memancing di perairan beku Samudera Antartika dan berhasil mendapat tiga ikan yang bentuknya masih tampak sangat asing, belum pernah terlihat sebelumnya. Menurut hasil analisis para peneliti, ikan tersebut adalah spesies yang baru pertama kali ditemukan. Pada hasil penelitian yang diterbitkan di Jurnal ZooKeys itu, ikan tersebut dijuluki Hopbeard Plunderfish, dan memiliki nama ilmiah Pogonophryne neyelovi. Ikan spesies terbaru ini terlihat sangat aneh,

warna tubuhnya kecokelatan, memiliki bentuk seperti kecebong (anak kodok). Di sepanjang punggungnya, t u m bu h s i r ip t aja m y a n g me m b e n tang hingga ke belakang

d a n d i bawa h mulut tumbuh sungut. Dari tiga i kan yang berhasil ditangkap, ukuran yang paling besar memiliki

panjang 14 inci, atau setara 35,5 sentimeter. Meski tidak benar-benar aneh, ikan yang diperkirakan hidup di kedalaman 1.390 meter atau setara 4.560 kaki ini memiliki bentuk yang unik. Hopbeard Plunderfish memiliki hati yang sangat besar, hampir 35 persen perutnya diisi oleh hati. Belu m ada ya ng mengeta hu i pe rilaku spesies ikan i n i ket i ka berada di lautan dalam. Namun, hasil penelitian ini sudah bisa d i l i hat d i Jurnal ZooKeys yang diterbitkan pada 30 April 2013 dengan judul Pogonophryne neyelovi, a new species of Antarctic short-barbeled plunderfish from the deep Ross Sea. (VIVANEWS/M-2)

±±

Ibuku Tercinta Oleh: Ahmad Wira Satriatama Siswa SDIT Permata Bunda 3

Ibu oh ibu Engkaulah yang melahirkanku Engkaulah telah menjagaku Dari kecil sampai besar Walaupun aku nakal tapi kau tidak marah

± ±

±±

Ibu oh ibu Engkau mengandungku selama 9 bulan Engkau mempertaruhkan nyawa hanya untukku Tanpamu, aku tak bisa hidup Ibu oh ibu Engkau separuh nyawaku Engkau separuh jiwaku Engkau belahan hatiku Engkau yang kucinta Niscaya aku kan menjadi penerus bangsa

KETENTUAN: - Masukkan gambar kalian ke sehelai amplop yang sudah ditempeli kupon Mari Mewarnai Lampung Post. - Sertakan juga data diri secara lengkap (nama, alamat, sekolah, tanggal lahir, dan nomor telepon) termasuk foto ukuran 3R terbaru. - Kirim ke bagian promosi Lampung Post Jalan Soekarno-Hatta No. 108 Bandar Lampung paling lambat 4 hari dari tanggal terbit - Disediakan bingkisan untuk tiga p­ emenang berupa : a. Orikids b. Komik Kreative c. Kotak pensil creative d. Oil Pastel Pascola (Standard).

± ±

CMYK CMYK

± ±

CMYK CMYK

± ±

CMYK

±

±

CMYK

±

REPORTER

CILIK

mINGGU, 12 mei 2013

13

LAMPUNG POST

Ini Nih, Tugas-Tugas DPRD

±

±

±

W

AKIL Ketua DPRD Lampung Selatan Pak Antoni Imam sudah delapan tahun menjadi anggota Dewan. Berarti, Pak Antoni sudah dua periode dong menjadi anggota Dewan. Soalnya, satu periode itu hanya lima tahun. Pak Antoni berprinsip hidup ini adalah untuk ibadah dan bermanfaat bagi orang banyak. Untuk menjadi orang yang bermanfaat itu, pesannya, kita harus rajin belajar sejak kecil. Pak Antoni mengibaratkan belajar di waktu kecil seperti mengukir di atas batu, sedangkan belajar di waktu besar laksana mengukir di atas air. Kebayang kan susahnya mengukir di atas air, enggak akan berbekas, hehehe. Artinya, kalau belajar di waktu kecil, kita lebih mudah mengingat, pikirannya jernih dan tajam. Tapi, kalau belajar di usia tua, lebih sering lupanya daripada ingatnya. Makanya, Pak Antoni berpesan kepada kami untuk rajin-rajin belajar mulai saat ini. Oke deh Pak, akan kami laksanakan! Kami berlima mewawancarai Pak Antoni di kantornya, Jumat (10-5). Teman-teman mau tahu apa saja yang sudah dilakukan Pak Antoni untuk masyarakat Lampung Selatan? Berikut wawancaranya. Sejak kapan Bapak menjabat sebagai wakil ketua DPRD Lampung Selatan? Saya mulai masuk partai politik sejak 2004. Satu tahun kemudian, saya dipercaya oleh rakyat untuk menjadi anggota Dewan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Alhamdulillah, pemilihan berikutnya, saya dipercaya lagi menjadi anggota Dewan, jadi sampai sekarang saya sudah delapan

±

±

±

tahun menjadi anggota Dewan. Sekarang, saya juga dipercaya menjadi wakil ketua DPRD Lampung Selatan. Apa saja tugas Bapak sebagai wakil ketua DPRD? Tugas wakil DPRD ini sama juga dengan tugas anggota DPRD lainnya, yaitu legislasi, anggaran, dan pengawasan. Sudah tahu belum apa itu legislasi? Yaitu bersama-sama dengan Pak Bupati merancang, membahas, dan mengesahkan peraturan daerah. Itu namanya tugas legislasi. Selanjutnya tugas anggaran, yaitu menetapkan program-program pemerintah daerah dan menganggarkan dananya yang bersumber dari APBD. Apakah program-program pemerintah itu sudah berpihak kepada rakyat? Kalau sudah, DPRD bersama Pak Bupati mengesahkannya. Tapi, kalau belum, DPRD berhak memberikan usulan terkait program-program yang bermanfaat untuk masyarakat Lampung Selatan. Tugas ketiga, mengawasi pelaksanaan pembangunan dan peraturan daerah yang sudah dibuat. Apakah semua berjalan dengan baik dan sesuai peraturan? Kalau belum, kami bisa mengingatkan Pak Bupati untuk menjalankan program-program pembangunan sesuai peraturan yang ada, begitu Adik-adik. Sekarang kan elpiji lagi langka nih. Harganya juga semakin mahal. Apa yang Bapak lakukan untuk mengatasi semua ini? Iya, ini masalah serius. Kami sudah memanggil Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan, dan Industri Lampung Selatan untuk

CMYK

meminta keterangan tentang ini. Bagaimana mengatasi kelangkaan ini? Kemarin digelar pasar murah elpiji 3 kilogram di Pasar Sidomulyo. Kalau besok-besok masih langka, mungkin akan digelar lagi pasar murah elpiji ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Soalnya kalau tidak ada elpiji para pedagang gorengan, ibu-ibu rumah tangga kan jadi susah. Banyak masyarakat yang kesusahan dengan kelangkaan elpiji ini. Iya benar Pak. Oh iya Pak, saya lihat di jalan-jalan banyak spanduk dan reklame PKS. Memangnya mau ada apa Pak? Oh itu tentang Pemilihan Umum Legislatif 2014. Ya, pemilihan anggota Dewan, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan pusat. Pemilihan anggota legislatif ini dilakukan secara serentak. Nah, PKS sendiri menargetkan tiga besar untuk pemilihan kali ini. Amin, semoga tercapai ya Pak. Oh iya Pak, kami boleh tahu siapa orang yang paling berjasa hingga Bapak bisa sesukses sekarang? Wah banyak sekali. Ada orang tua, istri, anak dan tentunya  para kader PKS yang tidak henti-hentinya ikut berjuang untuk mencapai target tiga besar. Terus, apakah sejak dari kecil Bapak memang bercita-cita menjadi anggota Dewan? Saya malah enggak pernah berpikir atau punya cita-cita seperti sekarang ini.

±

Waktu kecil malah saya pengin menjadi seorang  petinju. Bahkan ingin terkenal seperti petinju idola saya, Mohamad Ali, hahaha. Cita-cita itu sempat saya tekuni dengan berlatih tinju saat duduk di SMA dan bangku kuliah. Tapi, takdirnya malah menjadi anggota Dewan. Ya, Bapak terima ini sebagai amanah dari masyarakat. Baik Pak, terima kasih atas wawancaranya ya. Sama-sama Adik-adik. Terima kasih juga sudah diwawancarai oleh kalian. (M-2)

Tim Reporter Cilik Lampung Post: Ibnu rusyid (SMPN 2 Palas), M. Hafidz Annazly (SMPN 1 Kalianda), Salwa Maharani (SDN 3 Kaliurang), Asti Zaviera Putri (SMPN 1 Kalianda), Ayu Pandan Harum (SDN 2 Sukaraja), M. Zidane Zifrane (SMPN 1 Kalianda), dan Anju Doli Vernando (SMPN 2 Kalianda).

CMYK

±

±

CMYK

±

CMYK

±

±

fokus mINGGU, 12 mei 2013 LAMPUNG POST

14

‘Mbecak’ pun Masih Lebih Menguntungkan GAYA hidup perkotaan menuntut orang ingin tampil bugar KOTA memang masih menjadi sihir bagi pencari kerja. Kampung yang tidak selalu memberi harapan mengantar manusia usia produktif mencari penghidupan di lipatan keramaian Wajah-wajah lelah itu tak melepas pandang kepada setiap pejalan kaki yang melintas di depannya. Dari kabin kendaraan kayuh yang digunakan untuk mengangkut penumpang jarak dekat, Candra dan teman-temannya menjaring rezeki dengan menjual jasa. Menarik becak. Sektor informal menjadi andalan untuk mencari penghasilan di tengah terbatasnya lapangan kerja. Wajar. Sebab, tenaga kerja urban, biasanya dari daerah-daerah tak jauh dari Kota Bandar Lampung, mereka datang tanpa keahlian khusus. Sambil mencari pekerjaan yang lebih layak, Candra bertahan hidup dengan menjadi penarik becak. Meskipun penghasilan yang tidak pasti, dia berupaya untuk bisa bertahan hidup di kota. Tempat tinggal gratis dari pemilik becak, jadi penghasilannya dipakai untuk makan dan kebutuhan lain. “Hasil narik becak bisa dapat Rp40 ribu per hari. Sewa becak hanya Rp4.000 per hari,” kata dia. Selain Candra, beberapa penarik becak yang lain adalah warga dari beberapa kabupaten di Lampung, seperti Tanggamus, Pringsewu, dan Lampung Selatan.  Menarik becak di Bandar Lampung sebagai cara untuk mencari tambahan penghasilan. Biasanya ketika pekerjaan sebagai petani atau buruh tani di kampung sudah selesai dan tinggal menunggu panen, mereka datang ke Bandar Lampung untuk menarik becak. Pekerjaan berat sebagai penarik becak dilakoni petani dari desa untuk mengisi waktu sambil

n lampung post/ikhsan dwi nursatriyo

n lampung post/ikhsan dwi nursatriyo

menunggu panen tiba. Jika musim panen tiba, mereka kembali ke desa dan kembali menekuni pekerjaan sebagai petani kecil atau buruh tani. “Daripada di kampung nganggur karena tidak ada yang bisa dikerjakan, buruh tani ini pilih kerja narik becak supaya tetap bisa dapat uang,” kata Saridi, pemilik becak di daerah Sawahbrebes, Bandar Lampung. Saat musim tanam sudah selesai, bengkel Saridi pun penuh dengan buruh tani yang baru datang dari desa untuk tinggal dan menarik becak. Jika musim panen tiba, bengkel pun sepi, karena penarik becak ini kembali ke kampung untuk bekerja di ladang. Bandar Lampung jadi harapan untuk mencari duit karena sulitnya lapangan kerja di desa. Agus Kuncoro misalnya. Dia datang dari Way Kanan dan berharap bisa memperbaiki nasib dengan bekerja di ibu kota Provinsi Lampung ini. Dia bekerja sebagai tukang penjual nasi goreng keliling. Sudah lima tahun pekerjaan ini ditekuninya. Dalam sehari, penghasilan yang didapat antara Rp60 ribu dan Rp100 ribu. “Sudah lumayan hasilnya dibandingkan hanya diam dan tinggal di kampung,” kata dia. Awalnya, pemuda 25 tahun ini bekerja kepada pemilik usaha nasi goreng. Dari gaji yang dikumpulkan, Agus memberanikan diri untuk membuka usaha sendiri. Kini, dia pun mandiri dengan membawa gerobak nasi goreng sendiri.  “Hasilnya jauh lebih besar daripada ikut dengan orang lain,” katanya.

Cerita sukses Agus ini pun disampaikan kepada teman-temannya di Way Kanan. Ada juga yang tertarik dan mengikuti jejaknya datang dan berjualan di Bandar Lampung. Dari hasil dagang nasi goreng ini, dia bisa mengirim uang bulanan untuk orang tua dan adiknya di kampung yang masih sekolah. Daya beli masyarakat kota yang tinggi mendorong Khairudin untuk menjual aneka ragam kerajinan dari pohon kelapa di Bandar Lampung. Ia pun menjajakan kerajinan kayu kelapa, seperti guci, tempat lampu, meja, vas bunga, dan tempat payung di beberapa jalan utama di Bandar Lampung. Pria 39 tahun ini awalnya hanya menjual kerajinan di Lampung Selatan. Namun, hasilnya tidak terlalu memuaskan. Kerajinan yang dibuatnya tidak terlalu laku. Setelah dibawa dan dijajakan di Bandar Lampung, penjulannya pun lumayan meningkat. Dengan dana yang terbatas, Khairudin tidak menyewa toko, dia hanya menempati trotoar untuk memamerkan kerajinannya. Terkadang dia menginap di pinggir jalan dengan membuat tenda ala kadarnya. “Saya tinggal berbulan-bulan di kota. Tinggal yang di pinggir jalan. Kalau dagangannya laris, baru kembali ke Kalianda untuk ambil barang yang baru,” kata warga Lampung Selatan ini. Di Bandar Lampung-lah mereka menggantungkan harapan akan perbaikan ekonomi. Kota Tapis Berseri dinilai lebih ramah dibandingkan di  kampung halaman yang tidak bisa diandalkan. (PADLI RAMDAN/M-1)

Kesenjangan Pemerataan Pembangunan KOTA bak gula yang selalu menarik perhatian dan mengundang semut-semut. Tarikannya seperti kutub dunia yang selalu mengarahkan jarum magnet. Bandar Lampung, kota besar yang diprediksikan menjadi metropolitan ini menjadi daya tarik bagi siapa pun untuk mencari kehidupan. Kota menjadi panggung untuk usaha informal orangorang yang mencari uang. Sosiolog Universitas Lampung, Hartoyo, mengatakan beberapa petani di kabupaten-kabupatan di Lampung mengisi waktu luang dengan mencari pekerjaan di Kota Bandar Lampung. Misalnya, petani menunggu waktu panen memilih untuk bekerja di kota untuk mencari tambahan penghasilan di kota. “Pada masa menunggu panen ini biasanya tidak ada aktivitas yang bisa dilakukan di kampung. Waktu luang ini yang coba dimanfaatkan untuk mencari tambahan penghasilan dengan bekerja di kota. Salah satunya menjadi kuli bangunan,” kata Hartoyo. Faktor lain yang mendorong orang pergi ke kota, kata dia, adalah perubahan kepemilikan

±

tanah di desa. Tanah-tanah dan lahan pertanian di desa sudah banyak yang dibeli oleh orang kota, akhirnya petani pun tidak memiliki lahan untuk digarap. Pertumbuhan penduduk juga menjadi salah satu hal yang mendukung urbanisasi ke kota mencari pekerjaan. Usia produktif di desa makin lama makin bertambah, tapi peluang usaha dan lapangan kerja terbatas. Akhirnya, pemuda pun banyak yang mencari pekerjaan ke kota. Menurutnya, tidak hanya Bandar Lampung saja, kota-kota besar yang lain pun menjadi tujuan orang desa untuk mencari pekerjaan dan tambahan penghasilan. Pertimbangan daerah yang dituju untuk mencari pekerjaan ditentukan oleh pertimbangan mana yang paling menguntungkan. Dalam pertimbangan ekonomi, orang cenderung memilih mana yang paling menguntungkan. Selain itu, ada pertimbangan keluarga. Orang yang belum memiliki tanggungan keluarga bisa mencari tempat yang jauh untuk mencari penghasilan. Sementara orang yang sudah mempunyai keluarga, mencari

CMYK

tambahan penghasilan ke kota terdekat supaya bisa pulang dan berkumpul lagi bersama keluarga. Hartoyo mencontohkan petani yang sudah memiliki keluarga datang ke kota terdekat dari desanya untuk mencari tambahan penghasilan. Lahan pertanian terbatas membuat petani tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarganya hanya dengan hasil pertanian saja. Mereka pun perlu mencari tambahan penghasilan ke kota. Di kota terdekat, petani bisa kembali ke kampung dalam waktu dekat,  tiap minggu atau tiap bulan. Jika memungkinkan, pagi ke kota dan sore sudah kembali lagi ke desa. “Lahan di kampung dititipkan ke keluarga karena hanya tinggal menunggu waktu panen saja. Kepala keluagra mencari tambahan dengan menjadi buruh atau kuli bangunan,” kata doktor lulusan Institut Pertanian Bogor ini. Dia menilai petani dan orang dari desa yang pergi ke kota kebanyakan memiliki tingkat pendidikan yang rendah dan mengandalkan tenaga kasar. Pekerjaan yang biasanya ditekuni

±

di kota adalah kuli bangunan atau buruh kasar. Migrasi orang dari desa ke kota untuk mencari pekerjaan ini memiliki dampak positif dan negatif. Menurut Hartoyo, dampak positif adalah peningkatan daya beli orang-orang di desa. Dengan tambahan penghasilan dari bekerja di kota, daya beli mereka pun meningkat sehingga bisa meningkatkan perputaran uang di desa. “Uang yang dihasilkan kemudian membuat petani mampu membeli kebutuhan di warungwarung di desa sehingga perputaran uang pun meningkat. Daya beli meningkat dan pertumbuhan ekonomi makro pun semakin baik,” katanya. Dampak negatif dari urbanisasi ke kota adalah eksploitasi yang dilakukan oleh orang di ko t a . H a r toyo m e n j e l a s k a n orang dari desa cenderung memiliki tingkat pendidikan yang rendah sehingga bisa menjadi bahan eksploitasi. Seperti kasus yang terjadi di Tangerang, perbudakan beberapa orang desa yang mencari pekerjaan di kota. (PADLI RAMDAN/M-1)

n lampung post/ikhsan dwi nursatriyo

CMYK

±

CMYK

±

minggu, 12 mei 2013

LAMPUNG POST

±

±

PARIWARA 15

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

±

CMYK

±

CMYK

±

±

lentera mINGGU, 12 mei 2013 LAMPUNG POST

16

Kibar Unila di Kompetisi Future Energy

±

MAHASISWA Jurusan Teknik Kimia Universitas Lampung (Unila) menorehkan prestasi tertinggi dalam kompetisi Regional Future Energy Challenge (RFEC) 2013 tingkat negara-negara ASEAN, akhir April 2013. Bahkan, Unila mampu unggul dari Universitas Teknologi Petronas, Malaysia, dan Institut Teknologi Bandung (ITB).  Prestasi tersebut ditorehkan dua mahasiswa Teknik Kimia Unila, Nofra Hardiko Sahputra dan Dedi Irawan. Makalah dua mahasiswa angkatan 2008 yang berjudul Optimizing Operation Condition and Replacing Catalyst DHC-8 into DHC-100 to Increase Avtur Fraction Yield in  Fractionator 211/212-V-14 HC UNIBON RU II Dumai ini memuaskan dewan juri dan meraih juara I untuk kategori problem solving competition. Tidak hanya Malaysia, lomba yang dilangsungkan setiap tahun ini—pertama untuk tingkat Asia Tenggara—juga diikuti oleh universitas dari Singapura dan Filipina. Perguruan tinggi dari dua negara tersebut lebih dahulu tersingkir dari tahap awal. Dalam perlombaan tahun ini mahasiswa diminta untuk memecahkan permasalahan yang dialami oleh Pertamina RU II Dumai, Riau. Permasalahan yang harus dipecahkan adalah terakait dengan produksi avtur di daerah tersebut yang tidak maksimal. Menurut Nofra, dalam proses pembuatan avtur yang dilakukan Pertamina, jumlahnya tidak memuaskan. Bahan bakar yang dipakai untuk pesawat terbang ini jauh lebih rendah dibandingkan naphthan dan diesel. “Dalam prosesnya, ada tiga senyawa yang dihasilkan dalam reaktor, avtur, naphthan, dan diesel. Namun, jumlah avtur yang sebenarnya paling diharapkan, jauh lebih sedikit

dibandingkan dua senyawa yang lain,” kata Nofra. Dia menjelaskan pembuatan senyawa tersebut melalui dua tahap, reaktor dan unit pemisahan. Dalam reaktor, untuk membuat avtur dipakai katalis jenis zeolit atau yang disebut DHC-8. “Kami mengusulkan agar perlu ada perbaikan pada fase reaktor karena lebih berpengaruh dalam proses pembuatan avtur dan dua senyawa lain. Sementara peserta yang lain menawarkan solusi perubahan pada fase unit pemisahan,” kata dia. Pada fase reaktor ini perlu ada perubahan katalis yang dipakai, dari DHC-8 diganti dengan DHC-100. Hasilnya, avtur yang dihasilkan jauh lebih banyak dibandingkan naphthan dan diesel. Persentase senyawa yang dihasilkan menunjukkan bahwa jumlah avtur jauh lebih banyak. Dedi menjelaskan DHC-100 yang berfungsi sebagai katalis memiliki sifat selektivitas terhadap avtur. Selain itu, katalis juga mampu mempercepat reaksi. DHC-100 sebagai katalis mampu mengikat dan mempercepat reaksi sehingga menghasilkan avtur dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan DHC-8. Juri menilai solusi yang ditawarkan Nofra dan Dedi lebih realistis diterapkan dibandingkan solusi yang ditawarkan tim lain. Pemakaian katalis DHC-100 juga lebih mudah diaplikasikan. “Juri

±

menilai tawaran kami lebih realistis dan aplikatif dibandingkan peserta yang lain,” kata Dedi. Dia menjelaskan solusi yang dihasilkan baru sebatas studi literatur dan perhitungan matematis. Belum dilakukan dalam pengujian yang nyata. “Jika memang Pertamina mau memakai solusi tersebut, perlu dilakukan uji dalam skala yang kecil terlebih dahulu sebelum diterapkan dalam industri,” katanya. Untuk mempersiapkan lomba RFEC yang diselenggarakan ITB ini, tim dari Unila sudah mempersiapkan diri sejak Desember tahun lalu. Pada lomba tahun sebelumnya yang hanya tingkat nasional, tim Unila hanya berhasil menyabet juara II. Prestasi tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Makalah dibuat dalam bahasa Inggris. Presentasi dan tanya jawab dengan juri juga memakai bahasa Inggris. Peserta juga diharuskan berdebat dan adu argumentasi dalam mempertahankan solusi yang ditawarkan dalam makalah. Tahapan akhir adalah ujian tertulis. Unila unggul dengan nilai 74 poin atas Universitas Teknologi Petronas (72) dan ITB yang hanya mendapat nilai 69 poin. “Meskipun Teknik Kimia Unila termasuk jurusan yang baru, berhasil mengungguli perguruan tinggi lain yang jauh lebih terkenal. Kami berharap Teknik Kimia Unila makin dikenal dan diperhitungkan. Teknik Kimia Unila baru dibuka tahun 1999,” kata Dedi. Atas prestasi tersebut, Nofra dan Dedi berhasil mendapat hadiah 900 dolar AS dan trofi.   Keduanya berharap bisa mempertahankan prestasi di ajang lomba paling bergengsi dan tertua untuk kategori Jurusan Teknik Kimia ini. (PADLI RAMDAN/M-1) 

±

±

Kumandang Azan Ruslan Jalil PRIA berperawakan putih itu terlihat tenang dalam berbagai suasana. Ruslan Jalil, namanya. Berbenampilan selalu rapi dengan kopiah senantiasa menutupi kepalanya, ia tampak sangat respek kepada setiap ornag yang berkunjung ke kantornya; Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Lampung Timur. Di kantor yang identik dengan penanganan tindak kriminal itu, pria kelahiran 1988 tersebut tampil sebaliknya. Penampilan Rusli berbeda dengan sosok-sosok gagah berwibawa pemilik otoritas keamanan itu. Jebolan Pondok Pesantren Tumakninah Yasin itu tak seperti polisi. Berkarier sebagai tenaga harian lepas di kantor polisi resor itu sejak 2007, ia mengawali sebagai marbut atau penjaga musala. Setiap waktu salat tiba, suara Ruslan selalu menggema mengumandangkan azan mengundang umat muslim menunaikan kewajibannya. Awalnya pada 2007 Ruslan hanya ditugaskan sebagai muazin dan menjaga kebersihan musala Polres Lampung Timur. Melihat pria lulusan madrasah aliah (MA) ini memiliki ilmu untuk mengoperasikan komputer yang cukup, kini  pria yang juga memiliki bekal ilmu keagamaan dari Pesantren Tumakninah Yasin sudah banyak membantu di bidang administrasi. Sekarang, banyak pekerjaan bisa didelegasikan kepada dia. Antara lain, administrasi di bagian logistik, bagian Binamitra, bagian lalu lintas, dan bagian Humas SKM. Saat ini Ruslan Jalil  mendapat kepercayaan penuh untuk mengelola Koperasi Polres Lampung Timur. “Awal masuk Polres Lampung Timur saya sangat minder dan grogi ketika melihat pak polisi yang gagah-gagah,” kata Ruslan.

±

±

CMYK

±

Dia mengakui sosok AKBP Dedi Jumadi Sumarsito menjadi talang wasilah kehadirannya di kantornya sekarang. Saat itu, tahun 2007, Dedi Jumadi yang menjadi Kapolres Lampung Timur berkunjung ke Pondok Pesantren Tumakninah Yasin di Kota Metro, tempat Ruslan menimba ilmu. Dedi meminta kepada pimpinan pondok agar bisa mengajak seorang santri dari pondok itu untuk menjadi marbut di musala kantornya. “Nah, saat itulah saya yang ditunjuk untuk ikut,” kata dia. Kepada Ruslan, pimpinan tertinggi di kantor Polres Lampung Timur itu berpesan agar menjaga musala, membersihkan agar senantiasa nyaman dipakai beribadah, dan sedapat mungkin menghidupkan suasana religius di kantor itu. Setelah tibanya Jalil di Polres Lamtim, pada 2007 itu suasana musala di lokasi Polres terlihat ada perkembangan  yang positif. Minimal, setiap tiba waktu salat, dari subuh, zuhur, asar, magrib, isya, hingga subuh lagi, suara  azan yang dikumandangkan oleh Jalil tidak pernah absen. Yang lebih terlihat lagi, Jalil bisa menghidupkan Taman Pendidikan Alquran (TPA) di Polres Lamtim. Sebab, sebelumnya di lokasi Polres belum memiliki TPA. Bahkan murid yang diajari oleh Jalil bukan hanya anak-anak anggota polisi yang tinggal di rumah dinas Polres Lamtim,  melainkan anak-anak dari warga sekitar Polres. Jalil mengatakan majunya kegiatan keagamaan tersebut berkat rintisan dari Pak Dedi Jumadi. “Selain ditugaskan sebagai pengelola koperasi, mengurusi musala, dan mengajar di TPA masih menjadi tanggung jawab saya, dan saya ikhlas menjalaninya demi  meningkatkan ibadah,” kata dia. (AGUS SUSANTO/M-1)

CMYK

±

±

CMYK

±

±

CMYK

±

desain mINGGU, 12 mei 2013

17

LAMPUNG POST

Menyulap Ruang Keluarga

±

±

Jadi ‘Home Theater’

±

± RUMAH kecil dan ruangan terbatas bukan kendala untuk mewujudkan mimpi memiliki home theater sederhana. Ruangan keluarga berukuran 3,15 x 6 meter bisa dijadikan ruang multifungsi, di sini home theater bergabung. Membangun ruang hiburan multifungsi di apartemen atau rumah minimalis bukanlah hal mustahil. Anda bisa menyulap ruang keluarga menjadi ruang multifungsi yang mencakup home theater, musik, dan galeri foto. Apa saja yang harus disiapkan untuk menciptakan home theater yang nyaman? Pertama, pengaturan elemen ruang yang bisa memengaruhi suara dan gambar. Untuk suara, hal utama yang harus diperhatikan adalah menghindari gaung yang mengganggu. Caranya biasanya dengan teknik peredaman suara (akustik). Akustik yang baik membuat suara jadi baik, tidak bergaung atau berbeda dengan sumber suaranya. Akustik yang baik bukan berarti menyerap suara hingga 100% karena ruang yang terlalu menyerap suara juga membuat suasana lebih terasa kaku dan membuat

jenuh. Untuk mencegah itu, ada dua hal yang harus dikenali dari fungsi akustik, yaitu menyerap dan meredam. Pr ior itaskan mater ia l a k ust i k pada dinding belakang, dinding samping, dan area surround speaker. Lantai dan pintu juga penting diperhatikan karena terkait dengan hubungan suara dengan ruang lain (lantai lain). Home theater yang kedap suara membuat aktivitas menonton tak mengganggu aktivitas lainnya di rumah. Apa saja material standar yang bisa dijadikan alat peredam? Kini banyak pilihannya lo, mulai dari bahan karpet, parket, gypsum, plywood, dan kain bisa menjadi pilihan pelapis dinding, lantai, plafon, dan pintu. Jika ingin lebih maksimal meredam suara, tambahkan panel kedap suara yang dipasang berjarak dari depan dinding. Rongga di antara panel ini bisa berfungsi sebagai peredam suara yang baik. Kedua, perangkat audio v isual yang menunjang. Rancangan audio visual menggunakan sistem tata suara 5.1. Sistem ini menggunakan speaker depan Jamo E 680, speaker tengah Jamo E 6, surround speaker Jamo E 600SUR, dan subwoofer Klipsch. Selain itu, karaoke player menggunakan LG-DKS-6100.

Ada AV receiver Denon AVR-1906. Prosesor audio-video ini mendukung tujuh kanal suara (7.1), masing-masing kanal berdaya 85 watt. Denon-1906 cocok untuk film dengan tata suara DTS-ES Discrete 6.1 serta Dolby Digital EX. DVD player menggunakan Denon DVD 1920. Teknologi DVD ini dapat menggenjot format gambar DVD menjadi gambar Hi-Def. Keluaran suaranya mendukung teknologi Dolby Digital dan DTS Digital. Berbobot 2,6 kg, piranti pemutar audio video berbodi plastik ini memiliki dimensi atau 43,78 cm x 7,68 cm x 31,23 cm. Perangkat lain adalah konsol game Sony PlayStation 3. Konsol ber warna hitam mengilat ini sudah mendukung teknologi Blu-ray, teknologi cakram digital terbaru setelah DVD. Blu-ray memiliki gambar yang lebih bagus ketimbang DVD, baik dari segi detail maupun kecantikan warna. Tentu saja layar lebar mengandalkan CinemaView 96inci yang memiliki respons gambar yang tajam. Layar ini menerima sorotan dari proyektor Panasonic PT-AE900. Sistem TV Aver Media TV box 9 dan DVD player Denon DVD 1920. Komposisi sistem audio video membuat kualitas suara jernih tanpa desis. Nah, apakah Anda siap untuk tantangan ini? (IDEAONLINE/RUMAHKU/M-2)

±

±

FOTO-FOTO: media indonesia

±

CMYK

±

CMYK

±

CMYK

±

CMYK

±

±

kesehatan mINGGU, 12 mei 2013 LAMPUNG POST

18

Kaki X dan O

±

±

pada Anak,

Bisakah Lurus? BANYAK faktor yang menyebabkan tungkai kaki anak berbentuk X atau O, bisa karena kekurangan kalsium, bisa juga karena kelebihan berat badan. Jika diterapi sejak kecil, tungkai kaki yang berbentuk X dan O bisa lurus dan normal. Dokter rehabilitasi medis Rumah Sak it Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM), Sanyoto Santi Budi, mengatakan kelainan bentuk kaki X dan kaki O pada anak-anak umumnya bukan penyakit tulang. Namun, lebih banyak berupa gangguan rotasi atau putaran tulang yang salah sehingga sumbu putaran bergeser dan tidak jatuh pada titik sumbu yang semestinya. Inilah yang menyebabkan anak balita yang sudah bisa berjalan kerap terjatuh. Gangguan pertumbuhan ini juga mengakibatkan sudut yang terbentuk antara kedua tulang tersebut menjadi tidak normal. Saat anak berdiri, titik beratnya tidak terletak di antara jari kaki pertama dan ke-2 seperti yang terjadi pada kaki yang normal. Selain membuatnya sering terjatuh dan memengaruhi penampilannya, kaki X dan kaki O juga akan membuat anak jadi mudah lelah kalau berjalan dan aktivitasnya pun terbatas. Sanyoto menjelaskan tungkai kaki bisa berbentuk X dan O karena berbagai faktor. Bisa saja sejak lahir sampai dewasa kekurangan unsur pembentuk tulang seperti kalsium. Cedera sewak t u kanak-kanak juga a kan menyebabkan pertumbuhan tulang tidak sempurna. Atau, berat badan berlebih yang menyebabkan tungkai kaki tidak tepat pada porosnya. Oleh karena itu, dia mengingatkan setiap orang tua untuk terus memantau perkembangan dan pertumbuhan tulang anak-anaknya. “Sekiranya ada yang mencurigakan, segera periksakan ke dokter tulang,” ujar dia. Penyakit ini, menurut Sanyoto, bukan be-

±

rasal dari bawaan lahir atau faktor genetik maupun menular. Yang pasti, lanjut dia, anak dengan bobot tubuh berlebihan dan kurang kalsium, ada kecenderungan terkena tungkai X atau O. “Jadi memang tidak boleh terlalu berat badan anak itu, harus selalu dicek berat badannya,” ujar dokter yang juga berpraktik di Rumah Sakit Urip Sumoharjo. Pada anak-anak dengan tungkai kaki X dan O bisa diterapi dengan Knee Angkle Foot Orthosis (KAFO) agar kakinya lurus dan sejajar. KAFO adalah alat penyangga gerak bawah yang digunakan sejak kecil berbentuk sepatu besi khusus. Dengan KAFO, pertumbuhan tulang tidak akan berbentuk X atau O dan tulang akan mengikuti bentuk besi yang sejajar. Seterusnya yang perlu diperhatikan, lanjut Sanyoto, adalah harus sering meminum susu yang baik dengan kalsium yang banyak. “Sampai 6 bulan harus selalu dipantau. Nanti sudah setahun barulah dilihat hasilnya,” kata dokter yang juga berpraktik di Rumah Sakit Graha Husada itu. Jika sudah berusia di atas 19 tahun, pertumbuhan tulang, menurut Sanyoto, tidak akan tumbuh lagi. Karena itu jika sudah berusia di atas 19 tahun menderita tungkai X dan O, harus dioperasi oleh dokter bedah tulang. KAFO hanya berguna jika kelainan pertumbuhan tulang sejak kanak-kanak saja. Untuk pengobatan, kata Sanyoto, melalui suplemen dengan susu yang tinggi kalsium, memakan makanan seperti ikan laut, kerang, dan lain sebagainya yang banyak mengandung kalsium. “Terapi tungkai kaki X dan O ini tidak usah opname, cukup dengan rawat jalan saja,” ujarnya. (WANDI BARBOY/M-2)

±

Mengupas Lapisan Lilin Pengawet Buah

± BUAH-BUAHAN dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari minimal lima porsi. Sayangnya, tidak semua buah aman dikonsumsi langsung tanpa melewati proses pembersihan yang saksama. Menurut dokter spesialis gizi klinik, Samuel Oetoro, kebanyakan buah yang dijual di pasaran

±

CMYK

±

Teh Kulit Salak Turunkan Gula Darah

menggunakan lapisan lilin untuk menjaga keawetan buah. Jika lapisan lilin itu dikonsumsi terus-menerus akan terbentuk radikal bebas di dalam tubuh yang berpotensi menimbulkan kanker. Tapi, kita juga tidak disarankan mengupas kulit buah yang dapat dikonsumsi, seperti pada apel, pir, dan anggur. Sebab, kulit buahbuahan tersebut memiliki kadar serat yang tinggi. Menurut Samuel, yang perlu dilakukan adalah mencuci buah-buahan itu menggunakan air hangat. Selanjutnya, gunakan pisau untuk mengerik sedikit demi sedikit lapisan lilin pada permukaan kulit buah hingga bersih. “Anda juga bisa menggunakan sabun pencuci buah untu k meng h i la ng k a n lapi sa n lilinnya. Sabun buah itu aman karena bahannya natural,” kata Samuel di acara bertajuk Be Frutarian: Small Action, Big Difference, di Jakarta, beberapa waktu lalu. (METROTVNEWS/M-2)

PENELITI dari kalangan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang mengungkapkan limbah kulit salak yang sudah diolah menjadi serbuk teh mampu menjadi obat penurun panas dan diabetes. “Ide dasar pembuatan teh dari kulit salak ini bermula dari keinginan kami untuk memanfaatkan limbah kulit salak karena mengandung unsur aktif cinamic acid derivative,” kata salah seorang peneliti, Mhas Agoes Triambada, di Malang, Rabu (8-5). Mhas Agoes mengatakan cinamic acid derivative merupakan senyawa yang mampu mendorong regenerasi sel epitel. Zat tersebut juga berperan penting dalam proses perbaikan pankreas pada penderita diabetes tipe I. Unsur aktif lain yang terkandung dalam kulit salak yang sudah diolah menjadi teh itu, kata Mhas Agoes, adalah pterostilbene, yakni zat antidiabetes yang berperan langsung dalam menurunkan kadar gula darah. Teh berbahan baku limbah kulit salak

±

karya lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang yang diberi nama Litlak Tea itu dijual seharga Rp3.000. Teh kulit salak tersebut diolah menjadi sejumlah varian rasa, yakni orisinal, cokelat, dan vanila dengan ukuran gelas sedang. Rasa orisinal dikhususkan untuk penderita diabetes, sedangkan rasa cokelat dan vanila untuk kalangan nondiabetes. “Kami berharap teh hasil penelitian kami ini bisa diterima oleh semua kalangan sebagai minuman sehat dan nikmat, terutama bagi penderita diabetes,” ujarnya. (ANT/M-2)

CMYK

±

CMYK

±

mINGGU, 12 mei 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

hijab 19

Tampil Beda dengan

±

±

‘Shawl’ Terbaru M

AKSIMALK AN model ji l bab shawl, dijamin kamu bisa tampi l beda. Yulia Astriana Ramlan, mahasiswa Teknik Kimia Universitas Lampung, mencoba mengkreasikan shawl model baru. Jilbab dengan bahan sedikit halus ini memiliki lis kuning pada bagian

pinggir. Shawl yang dipilih Yulian berwarna hijau polos disesuaikan dengan busana long dress. Gaun panjang  dengan motif rainbow ini dibalut blazer hitam. Jilbab yang dikenakan tanpa motif agar tidak kontras dengan dress yang sudah kaya motif. Guna membuat kreasi jilbab shawl yang elegan dan tampil beda, perlu cara yang terampil bahkan telaten. Meskipun cukup rumit untuk dikenakan, hasilnya adalah model hijab yang tampil beda dan unik.   Pertama, melingkarkan hijab yang lebih panjang pada sisi kanan dan langsung kencangkan dengan jarum pentu l. Kemudian di l ingkarkan kembali ke kepala untuk membentuk lapisan-lapisan. Untuk mempercantik, lapisan di kepala dibuat dua kali dengan menekuk dan melipat. Langkah akhir adalah dengan melipat ujung jilbab ke bagian belakang leher. Lis kuning pada pinggir jilbab terl i hat mel i ng k a r d i waja h seh i ng ga menjadi aksesori tersendiri tanpa harus mengenakan perhiasan tambahan. Lipatan-lipatan di atas kepala akan mempercantik dan membuat model yang berbeda serta menjadi pusat perhatian. Menurut Yuli, jilbab shawl dikreasikan melingkar dan menjuntai hingga ke bawah leher sehingga sesuai dengan aturan dan tuntunan. “Dengan hijab yang syari bisa tampil leluasa dan percaya diri,” kata mahasiswa angkatan 2008 ini. K e l e b i h a n s h a wl p a n j a n g i n i , mu d a h dikreasikan dan dibentuk. Gaya jilbab yang unik ini bisa dikenakan pada acara santai, seperti berkumpul dengan teman atau sekadar jalan-jalan ke mal. Untuk acara formal, seperti kantor, kuliah, atau pesta sekalipun tetap cocok asalkan disesuaikan dengan   gaun yang dikenakan. “Kuncinya adalah pandai dalam memadupadankan hijab dengan pakaian dan aksesori yang dikenakan,” kata dia. (PADLI RAMDAN/M-2)  

±

±

foto-foto : ikshan dwi nur satrio

KOMUNITAS

Menggapai Inspirasi lewat Berkirim Surat MENULIS surat dan mengirimkan melalui pos sudah jadi aktivitas yang langka. Adanya teknologi informasi seperti media sosial dan surat elektronik lebih praktis dan cepat. Namun, bagi mereka yang tinggal di pedalaman tanpa fasilitas listrik dan internet, surat-menyurat masih menjadi bagian untuk saling memberi kabar dan berbagi informasi. Guru-guru muda yang tergabung dalam Indonesia Mengajar menumbuhkan kembali kebiasaan menulis surat. Pengajar dari Yayasan Indonesia Mengajar, Andi Ahmadi, mengungkapkan anak-anak sekolah dasar diajak untuk kembali mengenal aktivitas menulis surat dan mengirimkannya lewat pos. “Kami ingin supaya anak-anak mengenal kembali kegiatan menulis surat dan mengirimkannya untuk bertukar informasi atau berbagi pengalaman,” kata guru di SD swasta Gunungterang, Kecamatan Gunungterang, Kabupaten Tulangbawang Barat. Siswa SD yang menjalani pendidikan di beberapa kampung di Tulangbawang Barat masih belum memiliki fasilitas internet. Bahkan, ada yang belum mendapatkan pasokan listrik dari PLN. Tidak adanya dua fasilitas tersebut membuat anak-anak di pedalaman hanya mendapat pengalaman dan pengetahuan yang terbatas. “Pengetahuan mereka sebatas apa yang dilihat di sekitar dan diajarkan oleh guru di kelas. Bahkan cita-cita pun tidak jauh dari pekerjaan yang

±

±

ditekuni oleh orang tuanya. Atau bercita-cita menjadi guru seperti yang mereka lihat. Anak-anak tidak punya pengalaman baru atau cita-cita yang lebih tinggi,” kata dia. Pengajar muda yang lain, Farida Nurahma, mengatakan lewat kegiatan surat inspirasi, anak-anak akan mengetahui soal profesi lain yang bisa dijadikan cita-cita dan membuat mereka supaya terinspirasi dan maju. Lewat surat inspirasi inilah yang akan menghubungkan anak-anak di beberapa sekolah di Tulangbawang

CMYK

Barat dengan orang luar. “Misalnya dokter, pengacara, dosen, pengusaha, atau pemain drum, bisa menuliskan pengalaman soal profesi yang ditekuni. Bisa diceritakan bagaimana meraih profesi yang sedang ditekuni. Termasuk saat jatuh bangun untuk meraihnya. Harapannya, bisa menjadi motivasi dan inspirasi anak-anak untuk mau mencontoh dan menjadikannya sebagai cita-cita,” kata guru di SDN 1 Margajaya, Tulangbawang Barat.         Selain surat, untuk menginspirasi

±

anak-anak juga bisa dilakukan dengan merekam profesi lewat video. Hasilnya bisa dikirimkan dan nantinya akan disaksikan oleh anak-anak. Misalnya pemain musik, bisa merekam saat dengan memaikan alat musik supaya dapat dilihat langsung lewat video. Surat atau video yang sudah dibuat bisa dikirim langsung ke para pengajar muda di Tulangbawang Barat. Bagi yang tinggal di Bandar Lampung, bisa menitipkan surat atau video yang sudah dibuat di Kafe Dawiels di Jalan

Kartini, Bandar Lampung. “Mereka yang ada di luar Lampung pun bisa mengirimkan tulisan atau video yang menginspirasi ke anak-anak di Tulangbawang Barat,” kata dia. Menurut Andi, lewat surat yang ditulis langsung dan kemudian dibaca oleh anak-anak di perdesaan, diharapkan bisa memiliki dampak langsung ke anak-anak. Mereka akan merasa surat tersebut memang ditujukan kepada anak-anak sehingga bisa lebih membekas dan memberi inspirasi. “Anakanak akan diminta untuk membalas sesuai dengan bahasa masing-masing,” ujarnya.   Semua surat yang diterima akan disebar ke tujuh sekolah yang diisi pengajar muda dari Indonesia Mengajar. Selain SD swasta Gunungterang dan SDN 1 Margajaya, juga ada SDN 2 Sumberjaya, SDN 2 Bangunjaya, SDN 2 Margomulyo, SDN 4 Indraloka I, dan SDN 4 Indraloka II. Surat akan disebar berdasarkan jenis profesinya. Supaya beragam, setiap sekolah akan menerima surat dari profesi yang beragam pula. Tidak ada yang hanya satu profesi yang sama di satu sekolah. Gu r u dar i I ndonesia Mengajar mu la i berbag i i l mu d i beberapa sekol a h d i T u l a ng bawa ng Ba rat dalam tiga tahun terakhir. Setiap tahunnya, guru yang mengajar diganti dengan sarjana yang baru. Selain mengajar materi sesuai kurikulum, mereka juga memberi kan materi ekstrakurikuler. (PADLI RAMDAN/M-2)

CMYK

±

±

CMYK

±

CMYK

±

±

apresiasi mINGGU, 12 mei 2013 LAMPUNG POST

20

Makna Menuju Ruang Bahasa

kr o n ika Festival Teluk Jailolo Tampilkan Parade Gerobak Sapi TERNATE—Festival Teluk Jailolo akan digelar Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, pada 18—21 Mei 2013 dengan menampilkan berbagai atraksi, di antaranya parade gerobak sapi. “Setiap gerobak sapi yang akan ambil bagian pada festival tersebut dihias sedemikian rupa sehingga diharapkan bisa menjadi tontonan menarik para pengunjung,” kata Kepala Kantor Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat Fenny Kiat, ketika dihubungi Antara dari Ternate, Rabu (8-5). (ANT/p-2)

Panitia Ruwat-Rawat Borobudur Siapkan Festival Topeng Ireng BOROBUDUR—Panitia Ruwat-Rawat Borobudur menyiapkan satu rangkaian agenda kebudayaan berupa Festival Topeng Ireng dengan rencana tempat di kawasan parkir kendaraan pariwisata PT Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. “Sedang kami persiapkan, sampai sekarang sudah ada 10 grup yang akan mengikuti,” kata Koordinator Festival Topeng Ireng dalam rangkaian Ruwat-Rawat Borobudur, Agus “Merapi” Suyitno, di Borobudur, Senin (6-5). (ANT/p-2)

Budaya Kawaii Jepang Disebarkan di Paris JAKARTA—Lima daerah pariwisata di Tokyo akan direkonstruksi di Paris pada 20—22 September untuk memberikan gambaran kepada pengunjung tentang kehidupan kota di Jepang, khususnya budaya cute. Tokyo Crazy Kawaii Paris akan berlangsung di Parc Floral de Paris in City of Light untuk memperkenalkan anime, video game, manga, fashion, musik, dan makanan dari Negeri Sakura. Distrik Tokyo yang akan dihadirkan di Paris adalah Shibuya, Harajuku, Shinjuku, Akihabara, dan pasar ikan Tsukiji. Panitia dari Komite Tokyo Crazy Kawaii mendefinisikan konten Jepang seperti anime sebagai hal yang kawaii (cute). (ANT/p-2)

Kartika Affandi Melukis Bersama Para Perempuan Perupa SLEMAN—Pelukis Kartika Affandi pada Minggu (5-5) melukis bersama perempuan-perempuan perupa di Museum Seni Rupa Kartika Affandi di Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kartika dan perempuan perupa, seperti Arahmaiani, Bonita Margaret, Bunga Jeruk, Dyan Anggraeni, Lucia Hartini, dan Wara Anindyah, melukis pada beragam medium termasuk celengan (malo), kaleng, dan kanvas dalam acara bertajuk Sahabat Kartika itu. (ANT/p-2)

‘Marching Band’ asal Banten Wakili Indonesia

Kerap pada kar ya sastra puisi dibekali teks yang memiliki kandungan makna yang efektif di dalam penggunaan bahasa setiap baris dalam baitnya; pada mula kata, tapi dua suku kata berubah kalimat dan memiliki kemantapan makna. Apakah ruang bahasa mengubah kalimat dan berubah makna? Sampai d i si ni t idak berubah, hanya menyesuaik a n p e ny e p ad a n a n k at a sampai menemukan makna yang sesungguhnya, akan tetapi kalimat telah memilik i mak na melalui ruang bahasa, disinyalir memiliki rima, diksi, dan bunyi. Padahal struktur kata dan kosakata bahasa proses menjadikan kalimat menimbulkan rima, diksi, dan bunyi. Proses ruang bahasa hanya memberi kan kelonggaran pada struktur kata dan kosa kata ba hasa, mesk ipu n struktur kata dan kosakata bahasa dalam memilah-milah makna kata untuk menjadikan kalimat. Akan tetapi, perlu digarisbawahi bahwa konvensi yang menghambat makna, apabila dicari satu suku kata dalam penyepadanan kata sampai menjadi makna kata; apabila ada kata melalui struktur kata dan kosakata bahasa memilah-milah setiap suku kata kearah ruang bahasa, karya sastra atau karya bahasa pada mulanya adalah kata.

Sastra dan Bahasa

SERANG—Marching band Gita Surosowan asal Banten akan mewakili Indonesia di kontes musik dunia yang akan digelar di Kerkrade, Belanda, Juli mendatang. Wakil Gubernur Banten Rano Karno, Minggu (5-5), memberikan pengarahan kepda 138 peserta yang akan dikirim untuk mengikuti kontes empat tahunan yang akan berlangsung pada 21—28 Juli 2013 tersebut.(ANT/p-2)

Melalui proses generalisasi kata sampai pada bahasa menjadikan karya sastra berhubungan erat dengan dunia bahasa. Apabila diamati dari proses generalisasi, tahapan dalam penerapannya dengan

konvensi yang dapat menghambat peredaran setiap kosakata bahasa, apabila ditambahkan menjadi semacam bahasa dalam setiap kalimat yang ada pada karya sastra, bahasa adalah kata sebelum proses penyepadanan kata dari setiap suku kata dalam kosakata bahasa semacam proses generalisasi yang ditimbulkan akibat adanya konvensi suku kata dalam bahasa. Di sini proses generalisasi untuk menentukan satu suku kata menjadikan sistem tanda primer mengutip Jurich Lotman, dengan mengatakan bahwa bahasa memiliki bentuk tidak terbatas. Karena satu sisi pengarang mesti tunduk pada tata bahasa, di sisi yang lain pengarang bebas sesuai dengan prinsip “Licencia Poetica”. Sebagai bahan perbandingan dalam perkembangan ilmu linguistik dari para pakar “gramatika transformasi generatif” dan “semantik konvensional”, dengan mengatakan banyak fakta-fakta kebahasaan yang tidak terjangkau oleh teori linguistik struktural. Banyak urutan kalimat yang dapat dijelaskan atau dapat diterima dari segi struktur tetapi tidak dapat diterima oleh pemakai bahasa. Sebaliknya banyak pula kalimat yang tidak dapat diterima dari segi struktur ternyata dapat diterima oleh pemakai bahasa. Da la m menyelesa i k a n masalah ini para pakar ilmu linguistik mencoba mencari jalan keluar dengan mengg unakan i lmu pragmati k, merupakan bagian dari kajian semantik adalah mengenai kemampuan pemakai bahasa mengaitkan kalimat dengan konteks yang ada. Tokohnya ad a l a h Ja n Mu k a r ov s k y,

n MI/ANGGA YUNIAR

PEMENTASAN ‘PADUSI’. Pementasan teater bertemakan Padusi saat dipentaskan di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta, Jumat (10-5). Padusi merupakan nama panggilan bagi anak perempuan. yang dianggap sebagai awal perkembangan ilmu resepsi sastra, meskipun belum secara terperinci mengenai pendapatnya akan suatu kebermulaan dalam ilmu resepsi. Namun sejak 1960-an, pendapatnya baru diberikan perhatian untuk menentukan makna terhadap karya sastra, dengan mengatakan karya sastra selalu berkaitan dengan konteks sosial; fungsi estetik sastra tidak dapat dilepaskan dari fungsi sosial, sementara fungsi estetik dan fungsi sosial tersebut selalu berubah-ubah sesuai dengan perkembangan sosial itu sendiri. Fungsi estetik dan fungsi sosial selalu berubah pada suatu masyarakat sepanjang zaman. Kadang-kadang lebih mementingkan fungsi sosial dan kadang kala lebih mementingkan fungsi estetik (Teeuw, 1984: 185-7). Dengan mengatakan pula bahwa dalam seni bukanlah hasi l yang d ipent i ng kan, tetapi proses pemberian makna sementara karya seni baru bermakna setelah berinteraksi dengan penikmat. Khususnya sastra, pembacalah yang memberi makna dan karya

sastra hanya menyediakan kode makna. Jadi nilai estetik sastra terletak antara struktur karya sastra sebagai kode sastra dan subjektivitas pembaca yang diliputi oleh berbagai kode sosial budaya, inilah yang disebut dengan struktur “dinamik sastra”. Bertepatan pada tahun yang sama, tulisan-tulisan Mukarovsky, yang dalam bahasa Ceko diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman dan Inggris, muncul kedua tokoh i lmu sastra di Jerman Barat. Hans Robert Jauz dan Wofgeng Iser, denga n mengem ba ng k a n ilmu sastra yang memberikan penekanan terhadap pembaca sebagai pemberi makna dalam karya sastra. Apabila Hans Robert Jaus, dengan mengatakan interprestasi seorang pembaca terhadap sebuah teks sastra d itentukan oleh apa yang disebutnya dengan horison penerimaan. Horison penerimaan itu memengaruhi dan mengara h kan kesan, tanggapan, dan penerimaan pem baca terhadap k a r ya sastra. Setiap pembaca mempunyai horison penerimaan

yang mungkin berbeda dan mungkin pula sama. Namun, bagi Wolfgeng Iser, dengan mengatakan rekaan lawan kenyataan tetapi memberitahukan sesuai mengenai kenyataan (Teeuw, 1984; 249). Karya sastra selalu menyediakan tempat kosong yang peng isian nya d iserah kan kepada pembaca. Pembaca mengisi tempat kosong tersebut berdasarkan kode yang telah disediakan oleh karya sastra, yakni unsur-unsur estetika karya sastra. Oleh sebab itu, pembaca mempunyai kebebasan dalam pengisiannya. Hasil pengisian tempat kosong itulah yang disebut dengan konkretisasi makna. Selanjutnya konkretisasi makna yang berbeda-beda untuk setiap pembaca ini pulalah yang menjadi objek penel it ian resepsi sast ra, baik sinkronis maupun diakronis. Jadi jelaslah dalam penemuan resepsi sastra, penelitian tidak berhadapan dengan teks sastra, tetapi dengan pembaca sastra. n Sayyid Fahmi Alathas, penyair

buku

ga l e ri

Memoar Sang Pejuang Perdamaian

Always, Laila Andi Eriawan Gagas Media, Mei 2013 256 hlm GEMURUH di hatiku mereda sendirinya, langit menjadi lebih cerah, dan udara tak lagi menyesakkan dada. Mungkin karena telah kutemukan definisi lain dari cinta. Makna tak lagi berasal dari pertemuan dan rasa rindu membuatku bahagia. “Perempuan menulis dengan ‘jiwa’. Laki-laki menulis dengan ‘apa adanya’. Maka yang terjadi adalah cerita dari dua sisi yang dilihat dengan ‘rasa’. (Anjar– Penulis Beraja) n

Malice-Dendam Sang Pembunuh Lisa Jackson Dastan Books, Mei 2013 528 hlm. SETELAH terbangun dari koma, detektif Rick Bentz didatangi mantan istrinya yang sudah meninggal dua belas tahun lalu. Bahkan, setelah keluar dari rumah sakit, Rick mulai melihat Jennifer ada di mana-mana. Kehad iran Jenni fer seolah menghantui dan mengejeknya. Tapi Rick tidak pernah berhasil membuktikan kehadiran Jennifer pada keluarga dan teman-temannya, penampakan Jennifer selalu menghilang tanpa jejak saat didekati. Untuk menuntaskan keraguan, Rick menyelidiki kehadiran Jennifer yang mengganggunya. Saat proses penyelidikan berlangsung, terjadilah serangkaian pembunuhan sadis dengan petunjuk yang semuanya mengarah kepada Rick sebagai tersangka utama. Setiap korban merupakan bagian dari masa lalu Jennifer yang juga berhubungan dengan Rick. n

±

SEBUAH makna dalam karya sastra memiliki keistimewaan, apabila diamati dari segi struktur dan kosakata bahasa dalam pembentukan kalimat; melampaui ruang “realitas” bahasa. Teks yang terdapat pada karya sastra setiap baris dalam baitnya memiliki kandungan nilai estetika dan puitis bahasa.

CMYK

BARANGKALI semua orang hanya mengenal Mahat ma Gand h i ji ka disebutkan tokoh perdamaian dari tanah India. Memang benar, Gandhi dan ajaran antikekerasannya telah ba nya k memen ga r u h i per i l a k u hidup umat manusia, bahkan berpengaruh pula pada gerakan politik dalam menentang imperialisme Inggris di India pada masa lalu. Namun, selain Gandhi yang tegas memperjuangkan perdamaian dan anti kekerasan, ada juga seorang yang berjasa dalam hal tersebut. Dia adalah Badshah Khan, seorang muslim saleh yang juga mempraktikkan ajaran Gandhi tentang perdamaian dan antikekerasan. Pengaruhnya juga besar, bahkan dia juga dijuluki sebagai orang suci. Eknath Easwaran dalam bukunya yang berjudul Nonviolent of Islam; Biografi Badshah Khan menguraikan biografi tokoh Islam yang memperjuangkan perdamaian dengan gerakan antikekerasan tersebut. Badshah Khan yang memiliki nama Khan Abdul Ghaffar Khan tersebut lahir dan besar di keluarga berdarah Pathan di perbatasan barat laut Pakistan dan Afghanistan pada 1890. Khan adalah seorang yang memiliki fisik besar dan tinggi. Akan tetapi, sinar wajahnya dan aura yang dipancarkannya sangat berlainan dengan kondisi fisik tersebut. Dia adalah seorang yang lembut, bijak, dan berpemikiran antikekerasan. Misi perdamaian yang diusungnya pun telah membuat babak baru bagi gerakan umat Islam dan masyarakat India kala itu. Setelah sekian lama Inggris menduduki India, memasang pasukan

militer di berbagai daerah di India, dan menempati pos-pos penting dalam rangka penjajahan, rakyat India sangat tertekan dan hidup sengsara. Ibarat cacing yang diinjak, banyak pemberontakan terjadi untuk melawan kolonialisme Inggris di tanah India tersebut. Dalam kondisi yang demikian, Mahatma Gandhi muncul sebagai sosok yang ber pengaruh untuk mew ujudkan kemerdekaan melalui jalan perdamaian dan ant i kekerasan. Gandhi telah menawan imajinasi rakyat India dengan tantangan yang belum pernah ada sebelumnya; memaksa Inggris “meninggalkan India” dan menyaksikan kepergian mereka sebagai teman. Peristiwa tersebut adalah satu-satunya penggulingan kekuasaan imperialisme tanpa kekerasan yang tercatat dalam sejarah, dan keberhasilannya menjadi pusat perhatian seluruh dunia pada masa kini (hlm. 2). Namun, gerakan tersebut tidak hanya dilakukan oleh Gandhi. Badshah Khan yang dikenal sebagai seseorang yang suci dan mampu mempraktikkan berbagai ajaran Gandhi tersebut juga meny ita perhatian umat manusia. Badshah Khan juga tidak kalah dalam menggerakkan masyarakat India dalam menentang kolonialisme-imperialisme Inggris di India melalui jalur antikekerasan. Khan telah menyulitkan Inggris dan mengejutkan rakyat India dengan pembentukan pasukan seratus ribu prajurit antikekerasan yang berasal dari salah satu bangsa yang paling kental dengan kekerasan di dunia, kaum Pathan. Penduduk-penduduk

±

desa di provinsi perbatasan barat laut menganggapnya orang suci dan memanggilnya Badshah Khan “raja para khan”. Di seluruh India, dia dikenal sebagai Gandhi dari Perbatasan, karena dari semua murid Gandhi, dialah yang bisa menjadi cermin terbaik keutuhan ajaran Gandhi (hlm. 3). Ketika puluhan ribu orang dari bangsanya binasa di tangan kekejaman kolonialisme Inggris, Khan t ida k sek a l ipu n tergera k u nt u k membalasnya dengan mengangkat senjata. Hal tersebut memang terkesan sangat ironis. Bahkan, Khan juga mengampanyekan gerakan perdamaian dari desa yang satu ke desa yang lain selama sisa hidupnya. Karena perjuangan K han yang terus-menerus tersebut, pengaruhnya pun muncul dan tampak nyata. Masyarakat Pathan yang semula merupakan sebuah suku yang penuh dendam, tanpa hat i nurani, dan penu h dengan kekerasan just r u diubah oleh Khan. Pengaruh Khan pada masyarakat ini adalah bahwa ketika kaum muslim antikekerasan k au m Pat ha n berga bu ng da la m “pasukan Tuhan” bersumpah untuk menyerahkan nyawa mereka atas nama kemerdekaan, tanpa melakukan perlawanan (hlm. 261). Sungguh Badshah Khan telah berhasil menanamkan ideologi antikekerasannya di masyarakat Pathan dan mengubah karakter kaum Pathan 180 derajat. Perjuangan tersebut tidak dilakukannya dengan mudah, tetapi dengan perjuangan secara intens dan terus-menerus tanpa mengenal kata lelah. Begitulah yang dilakukan oleh seorang Badshah Khan,

Data buku Nonviolent Soldier of Islam; Biografi Badshah Khan Eknath Easwaran Bunyan, Yogyakarta Pertama, 2013 xx + 332 halaman seorang muslim saleh yang berhasil memberikan warna antikekerasan dan perdamaian. Akhirnya, dengan membaca buku yang berjudul Nonviolent Soldier of Islam; Biografi Badshah Khan ini, pembaca diajak untuk menyelami memoar seorang pencerah dengan gerakan antikekerasan untuk mewujudkan perdamaian dari Pathan. Badshah K han merupakan tokoh inspiratif yang berpengaruh, tidak hanya bag i kau m Pat han, tetapi hendaknya juga bisa diteladani oleh umat manusia sepanjang masa untuk menciptakan perdamaian dunia, kehidupan tanpa kekerasan. n Supriyadi, anggota Dewan Isyrafi Yasalma, Yogyakarta

CMYK

±

CMYK

±

CMYK

±

±

sastra mINGGU, 12 mei 2013 LAMPUNG POST

21

Cerpen satmoko budi sant o s o

Dua Paket Cerita Mini

±

Cerita Mini Pertama

±

K A L AU ada yang t i ba-t i ba mengetu k pintu rumah saya entah pada pagi, siang, sore, atau malam, tentu saja itu bukanlah suatu kejutan. Karena adat orang bertamu memang mengetuk pintu ruang tamu. Yang mengherankan, dalam satu minggu terakhir ini, tiap ada yang mengetuk pintu rumah lantas saya, istri, atau anak membukakan, menengok siapakah yang mengetuk pintu, ternyata tidak ada siapasiapa. Istri saya adalah orang yang sensitif terhadap peristiwa “kecil” yang mengherankan seperti itu dan akan meraba-raba kemungkinan maksud dan pelakunya. “Rasanya, kalau dilakukan anak-anak tetangga tidak mungkinlah berturut-turut dalam setiap hari selama seminggu. Lagi pula, waktunya acak. Apakah maksudnya memang meneror, membuat kita tidak nyaman? Tapi, kita kan bukan pengontrak,” demikian analisa istriku suatu hari. “Ya, ini sudah hari ketujuh dan tadi sore saya masih mendengar suara ketukan itu kemudian saya lihat tidak ada,” imbuh anak tunggal saya yang menginjak bangku SMA. “Kalau hanya tetangga biasa, kenapa isengnya keterlaluan, ya,” saya ikut menimpali. Perihal suara ketukan pintu yang misterius di rumah kami memang hanya menjadi agenda perbincangan kami sekeluarga saja. Kami tidak berusaha membawa obrolan tersebut ke orang-orang kampung, misalnya dengan sengaja membicarakan di warung atau gardu ronda. Kami khawatir peristiwa tersebut akan menjad i perbi nca nga n ser u d i tingkatan kampung. Tapi, sungguh, saya sendiri sebagai kepala rumah tangga sangat penasaran dengan peristiwa ketukan pintu tersebut. Suara ketukan pintu tersebut cukup keras, di antara saya, istri, dan anak saya yang pernah mendengar secara terpisah, tidak pernah bersamaan, bisa sangat jelas mendengarnya. Tapi, ya begitulah, jika ditengok, tidak ada siapa-siapa. Sebegitu penasarannya terhadap peristiwa suara ketukan pintu yang misterius tersebut, saya mempunyai inisiatif memasang CCTV. Karena, kini sudah menginjak hitungan hari ke-14 suara ketukan pintu misterius tersebut akan muncul dalam waktu yang acak. *** CCTV telah dipasang di teras rumah. Otomatis jika ada orang yang mengetuk pintu akan kelihatanSembari menunggu jawaban secara logis dengan dipasangnya CCTV di teras rumah, pikiran saya melayang dengan ragam dugaan. “Apakah karena profesi saya wartawan sehingga mendapatkan perlakuan teror seperti itu? Apakah karena istri saya bekerja di LSM perlindungan anak sehingga mendapatkan teror seperti itu? Apakah karena anak saya sebulanan lalu ikut demo di sekolahnya menuntut transparansi kebijakan dana BOS sehingga

mendapatkan teror semacam itu?” saya bersolilokui, bicara dengan diri sendiri. Saya cuma bersolilokui tiga hal itu saja. Saya tidak memperpanjang prasangka di dalam diri saya sendiri, karena saya tahu kalau saya panjang-panjangkan justru hanya akan menyiksa diri. Terus terang, saya juga malas dengan kemungkinan memperlebar prasangka dengan menganggap ada hal gaib yang berkaitan dengan suara ketukan pintu yang misterius itu. Wah, jika prasangka saya sampai pada hal yang gaib, berarti saya telah memperlebar prasangka terhadap setan. Ma k i n t ida k

Cerita Mini Kedua BAYI itu menangis. Panjang. Pasti, tangis bayi itu menjadi bernilai aneh. Apalagi, suara tangisnya seperti tangis yang menakutkan, bukan tangisan haus atau karena gerah. Nung, ibu bayi, pada mulanya kalut jika mendengar anaknya menangis. Nung kerap menghubung-hubungkan keberadaan kuburan yang berada tepat di samping kanan rumah kontrakannya. “Mungkin anak pertama kita kesambet,” ucapnya berbisi k, suatu kesempatan, kepada suaminya. Budya, suami

anaknya. Nung pun semakin akrab dengan rumah yang ditempatinya, yang pada waktu-waktu tertentu bisa menyengatkan bau kemenyan, karena kuburan di sebelah rumahnya diziarahi. “Sa nta i saja, set iap ora ng ba k a la n merasa karib dengan yang sebelumnya tak dibayangkan, tak dirancang dalam angan,” cetus Budya, sengaja melontarkan kalimat yang sekiranya tak menambah gundah istri tersayang. Bagi Budya, tangis bayi seperti apa pun tak berpengaruh apa-apa, bukan merupakan isyarat bakalan tiba malapetaka.

n ferial

jelas saja arahnya. Maka, logika yang paling masuk akal untuk membuktikan kemungkinan prasangka apa pun adalah dengan memasang CCTV itu. Aneh, setelah CCTV dipasang memang tidak ada lagi suara ketukan yang misterius. Kalaupun ada suara ketukan, kami tengok orang yang mengetuk memang ingin bertamu. Ketukan misterius yang jika kami tengok tidak ada orangnya tidak ada lagi. Yang menjadi puncak keanehan, yang tahu bahwa ada CCTV hanya saya, anak saya, dan istri saya. Jadi, siapakah yang sesungguhnya melakukan? Kami bertiga saling memandang mata secara bergantian dengan maksud saling menuduh.. ***

Nung, melengos. Ter us merokok. Jika bayi itu menangis, memang ada satu-dua-tiga atau empat orang tetangga yang peduli, datang untuk sekadar menengok, menanyakan kenapa sampai menangis. “Sudah disusui?” begitu biasanya para tetangga bertanya. Nung mengangguk sembari melirik anaknya. Bayi itu hanya memandang, tatapan matanya kosong, maklum matanya belumlah awas. “Enggak apa-apa, barangkali saja ia melihat dan ingin bercanda dengan malaikat yang menjaganya,” begitulah Nung pada akhirnya menghibur diri dengan menelan ujaran orang-orang kampung jika kembali mendengar bayi itu menangis, terlebih pada malam hari. Ya, Nung telah akrab dengan tangis

*** KINI bayi itu berumur lebih dari tiga puluh lima hari. Suara tangisnya tetap sama. Bagi Budya, hal itu malah bernilai keberuntungan. Bukti bahwa malapetaka tak sudi mampir. “Ngomong-ngomong atas jenis suara tangis bayi, apakah suara tangis anak kita selama ini justru karena ia tak diazani sewaktu lahir, ya?” cetus Nung. “Hus, enggak usah dikait-kaitkanlah.” “Lo, mungkin saja.” “Kalau semuanya bisa mungkin, dengan tak diazaninya anak kita sewaktu lahir, apa kamu percaya bahwa ia dijaga malaikat, seperti yang dibilang orang-orang kampung?” Nung kelu. Tercekat kaku. “Apakah masih ada malaikat yang mau menjaganya?”

±

Nung melotot. Budya mengepulkan asap rokok. Ya, bayi itu memang selalu menangis, entah pagi, siang, sore, atau malam hari. Nung perlahan-lahan mulai merasakan kecemasan dengan tangis anaknya. Mereka juga sama sekali belum tahu apa sesungguhnya makna tangis anaknya yang lebih dari sekadar haus atau lapar. Hidup berjalan, hari berganti. Seperti petuah sederet sajak milik “si burung merak” W.S. Rendra: ... Bencana dan keberuntungan sama saja/Langit di luar langit di badan/ Bersatu dalam jiwa... *** PAGI-PAGI, seperti biasa, Nung maupun Budya keramas. Udara pagi masih setia seperti pagi-pagi yang silam, tak ada desir angin yang dirasakan berbeda. Begitu pula pas siang hari menohok, bagai siang-siang yang lewat, tetaplah gerah tak tertawar. Baru ketika sore hari, pas anak semata wayang mereka tertidur, mereka duduk santai di beranda rumah. Menyeruput teh, memandang kelengangan jalan kampung, seluas mata sebatas jarak, masih mereka lihat sawah pepadian kemuning menghampar, menyulut asa mata bajak para petani. “Kapan kita menikah?” Nung sontak bertanya. Tiba-tiba. “ K ap a n - k ap a n l a h . K e n ap a berubah pik iran? Karena punya anak?” jawab Budya sekadarnya. “Aku ingin hidup kita diberkahi Tuhan. Lurus-lurus saja.” Anak mereka kembali menangis. Rupa-rupanya bukan berarti malapetaka, bukan isyarat kutukan. Namun, Nung bersikeras u nt u k tet ap men i k a h. Nu n g merasakan, ada aura lain di dalam rumah seandainya mereka tak meni kah. Kalau anak nya memandang langit-langit rumah sehabis menangis, sorot matanya seperti gamang, ragu, padahal— lagi-lagi kata orang— anaknya bisa saja ditemani bahkan dijaga malaikat. Nung mendadak yakin, untuk mengusir kegamangan sorot mata anaknya, ia harus menikah. Nung berubah memercayai dugaannya, selama ini anaknya tak ditemani malaikat. Nung bersiteguh, tak ada malaikat yang pernah memasuki rumahnya, setiap malaikat pastilah jengah menemani anaknya. “Kapan kita menikah?” Nung mengulang pertanyaan yang sama ketika magrib menjelang, dengan intonasi yang amat tegas. Budya mematikan rokok. Sebuah jawaban yang sangat berarti sebentar lagi akan keluar dari mulutnya. n Catatan: Istilah cerita mini dipopulerkan oleh sastrawan Agus Noor.

±

saj ak-sa j ak b enny arnas

±

Mengkhawatirkan Anak-Anak Presiden, Pohon, Ibu Lelaki itu muncul lagi di layar terlevisi. Entah, ini kali ke berapa aku melihatnya. Ia selalu tampak gagah dan berwibawa. Ia pandai sekali berpidato. Ya, aku sangat ingin seperti itu. Sering kali, sepulang dari sekolah aku mempratikkan caranya berpidato. Aku sering melakukannya di atas salah satu dahan pohon jambu di sebelah kanan rumah. Mungkin kalian heran mengapa aku sangat suka berada di atas pohon. Begini; aku sangat menyayangi ibu. Ibu sangat menyayangi pohon-pohon yang ditanamnya. Dan, karena pohon jambu itu adalah pohon yang paling besar—yang paling tinggi—di antara tanaman-tanaman yang lain ... kupikir pasti waktu yang ibu habiskan untuk merawatnya lebih lama dibandingkan tanaman-tanamannya yang lain, di antara pohon-pohon yang lain. Ketika aku berada di atas pohon itu, aku seolah tengah berada di dalam rumah yang dibangun ibu. Hmm, ibu pasti senang kalau sekarang ia masih hidup. Untung aku tak bercita-cita menjadi presiden hingga ibu dapat menyayangiku seperti ini.

Wasiat yang Agung Batu permata yang tidur. Segenap marah yang subur. Mengurai dua demi dua batu bata yang rekah dari rumah baru. Ke mana nian akan kita buang ruang-ruang yang menyelubung di antara jemari anak-anak yang lupa membaca kitab. Memang, semua pertanyaan—

±

termasuk yang baru saja dibunyikan—tak ditanyakan karena tandatanya lupa diselipkan di ujung; lalu apa arti perpisahan bila batu permata itu tidak lagi menumbuhkan bungaraya-bungaraya beraroma hujan di gigir buku (bukuku atau juga bukumu). Memang senantiasa ada perumpamaan yang cerlang untuk sebuah perjumpaan yang melupakan pulang sebagai bagian dari perjalanan. Tak ada pengecualian, rupanya. Termasuk bagi prahara yang mungkin nanti akan membuat Tuhan mempersilakan kau dan aku membuang batu permata itu. Ia terlalu berkilau, katamu. Ia menyerupai cermin, balasku tak mau kalah. Jangan, jangan biarkan ia memantulkan dosa-dosa kita dengan begitu terang kepada anak-anak yang sekarang sedang meriap di rumah baru mereka, masing-masing.

Nasihat Nasihat itu sudah singup hingga tidak lagi membekas pada jarak yang diciptakan oleh kepak-kepak burung kuaw yang selalu datang berombongan dari pintu rumah baru anak-anak. Sekarang mereka sudah besar-besar, kasar-kasar, dan pakar-pakar, hingga yang tampak di mata kita (ya, kita; bukan hanya aku): Sebatang pohon beringin yang rindang, seram, dan penuh dengan kegeraman. Mereka bukan pohonnya. Mereka bukan daunnya. Mereka adalah akar-akarnya yang menolak tumbuh dari tanah. Akar-akar itu tempat kita bergantung sekaligus bergelantung sekaligus luntanglantung sekaligus terkatung-katung. Kau jatuh, mereka geming. Aku bangun, mereka pening. Kita berjalan,

CMYK

mereka membuka kantung-kantung. Kantung-kantung yang dibuat dari daun-daun beringin yang dilekukkunci seolah dianyam dengan serta-merta dan begitu indah. Seperti sihir yang indah, memang. Seperti kepandaian yang tercurah. Dengan tiba-tiba sehingga; kau pun malu, aku pun gagu. Siapa yang digugu; akukau-atau-anak-anak. Kita telah lama lupa dan menghapus nasihat dari daun-daun dan pohon-pohon. Tak terkecuali dari beringin, rupanya.

Sebenarnya Kami Tak Rela bila Merahnya Buah Ceri Menjadi Sebegini Anak kami yang kami sayangi hari ini akan mencari perigi-perigi di dekat sebatang ceri yang tumbuh di antara sulur-sulur perenggi. Mereka memang jarang mandi seakan-akan minum kopi dapat mengantar mereka ke surga yang dijanjikan Ilahi. Pagi-pagi mereka tak menegur kami lagi. Malam hari mereka masuk ke kamar yang dikunci. Seolah kami sudah pergi. Seakan mereka hidup sendiri. Doa-doa kami adalah nama anak kami yang kami sayangi hingga haram bagi benci untuk dibiarkan semi di jantung, hati, dan sela-sela gigi. Ke mana nak dicari kekasih yang selama ini dijampijampi dengan daun serimpi dan bunga matahari. Kami tak menangis lagi sebagaimana duri-duri yang belum tumbuh dari ketakutan yang kami tanam sendiri. Mempunyai bidadari tanpa sayap di bahu kanan dan kiri sudah tak henti aku mensyukuri, gumamku di telingamu yang merah buah ceri. Merah buah ceri? Aku hanya mencoba menghibur diri sendiri, wajahku

±

merah buah ceri. Merah buah ceri? Wajahmu berseri, lalu binar mataku menari-menari. Alangkah gerimisnya hidup ini: Bahkan sebilah kalimat lebih mampu membuat kami hidup kembali daripada anak kami yang kami sayangi. Ya, kami hidup kembali, merasa hidup kembali. Paling tidak, tertawa sendiri seperti ini.

Hari ini adalah Mulut Mereka Kami sudah menjadi semangka yang dipetik lalu dihangatkan di bawah mentari yang tiba-tiba turun lalu disimpan di dalam karung gandum yang kering. Biarkanlah anak-anak tidak lagi mengenal; di mana kedua mata yang kerap menangisinya, di mana tangantangan yang bersetia memangkunya, di mana mulutmulut yang meninabobokkannya—ah, mereka sudah sangat benci bahkan muak dengan mulut-mulut kami. Mulut kami adalah lubuk neraka yang menyemburkan nasihat basi, peringatan yang memekakkan, dan dongeng-dongeng yang sarat kebohongan. Mulut mereka adalah kecipak ciuman, hujatan yang menyenangkan, caci-maki yang dibenarkan, dan madu-madu yang tibatiba dibagikan di hari yang penting dan mendebarkan; pidato politik, pemilihan kepala daerah, lobi proyek, dan kasih-yang-melayang kepada anak yatim.

Benny Arnas, lahir dan tinggal di Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Puisi-puisinya tersebar di Lampung Post, Riau Pos, Koran Tempo, dan sejumlah antologi. Puisinya Perempuan yang Dihamili oleh Angin meraih juara III Krakatau Award 2009.

CMYK

±

±

CMYK

±

CMYK

±

±

ILMU mINGGU, 12 mei 2013 LAMPUNG POST

TEKNOLOGI 22

Panas Knalpot Jadi Sumber Pendingin Sayur

±

MESIN pendingin mobile karya mahasiswa Teknik Mesin, Universitas Lampung, ini memang unik. Juga efektif dan efesien. Bayangkan, mereka memanfaatkan sumber panas knalpot untuk menggerakkan stirling engine yang mampu mendinginkan ruangan dalam mobil hingga 0 derajat Celsius. Lampung kaya akan sayur dan buah-buahan, termasuk hasil laut yang juga besar. Namun, sayuran atau buah yang dihasilkan dari daerah-daerah pelosok bisa hilang kesegarannya saat sampai d i kota. Jarak yang jau h dan perjalanan yang lama membuat kesegaran hasil bumi tersebut berkurang bahkan hilang.   Solusi yang banyak dipakai adalah menyiapkan es batu dalam jumlah besar dan untuk menemani sayuran atau ikan dalam perjalanan supaya kesegarannya bisa tahan lama. Namun, cara ini dinilai kurang efektif karena es batu membutuhkan tempat di mobil dan mengurangi jumlah sayuran yang diangkut.  Pemakaian es batu juga punya dampak buruk pada rusaknya kandungan buah atau sayur. Es yang kemud ian mencair bisa menumbuhkan mikroorganisme atau jamur yang akan merusak kandungan protein dan menurunkan vitamin. Bahkan bisa mengakibatkan perubahan penampilan buah atau sayur sehingga tidak menarik lagi. Beranjak dari permasalahan tersebut, dua mahasiswa Teknik Mesi n Un iversitas La mpu ng,

±

Ramli dan Cecep Tarmansyah, membuat mesin pendingin ramah l i ngku ngan dan murah. Mesin pendingin ini cocok untuk ditempatkan pada mobil boks yang mengangkut sayuran, buah, atau ikan supaya tetap segar selama diangkut untuk jarak yang jauh. Mesin pendingin buatan dua mahasiswa angkatan 2010 ini mema k si ma l k a n pa nas ya ng dihasilkan knalpot mobil. Panas yang dihasilkan emisi kendaraan i ni jarang dimanfaatkan dan terbuang percuma padahal bisa menjadi sumber energi mesin pendingin.     Menurut Ramli, mesin pendingin mobile yang dipasang pada kendaraan i n i mengg u nakan stirling engine. Sistem ini bisa memanfaatkan sumber energi panas knalpot kendaraan atau tenaga surya. “Bahkan dengan panas yang sedikit bisa menggerakkan stirling engine,” kata Ramli. Dengan daya yang bisa bersumber dari cahaya matahari dan panas emisi kendaraan, mesin pendingin ini dipakai dalam kondisi apa pun, siang dan malam. Dengan pemakaian stirling engine, pengiriman sayuran atau buah tidak perlu lagi repot-repot memakai es.   Proses ker ja stirling engine menghubungkan panas emisi kendaraan yang d i keluarkan lewat knalpot. Panas tersebut menjadi energi sehingga mampu menggerakkan komponen dalam stirling engine yang kemudian dihubungkan ke kompresor. Kompresor kemudian menggerakkan siklus refrifasi dalam pipa-pipa

yang ditempatkan di dalam mobil atau di luar.      Pipa evaporator ditempatkan pada bagian dalam mobil yang berfungsi untuk mengambil panas dari yang kemudian dibuang lewat pipa kondensator. Dalam pipa ada fluida yang terus bergerak mengangkut panas dan mengalirkannya keluar. Lama-kelamaan, panas dalam mobil akan berkurang dan menjadi dingin.

±

     

±

Bisa Sampai 0 Derajat Menurut Romli, untuk membuat ruangan dalam mobil ding i n sa mpa i 3,8 derajat perlu waktu hingga lima jam. Untuk mencapai suhu hingga 2,3 derajat, perlu waktu hingga 10 jam. “Jika alat yang dipakai kualitasnya bagus, suhu yang dihasilkan bisa mencapai 0 derajat,” kata dia. Cecep menjelaskan desain alat yang dibuat memakai barang bekas yang ada di laboratorium sehingga suhu yang dihasilkan tidak sampai 0 derajat. Daya kompresor yang d iapakai juga harus besar supaya suhu bisa semakin dingin. Mesin pendingin ini menjadi salah satu wakil Unila dalam lomba Pekan Ilmiah Nasional Mahasiswa (Pimnas) 2012 di Yogyakarta. Namun, belum berhasil meraih juara. Tahun ini mesin ini juga dilombakan dalam ajang lomba mahasiswa berprestasi di Unila.  (PADLI RAMDAN/M-2) foto-foto : dokumenTASI

±

Gadget

±

TwetPee, Berkicau Bila Bayi Pipis HINGGA kini, popok sekali pakai adalah andalan para ibu untuk mengatasi kebutuhan buang air besar dan kecil bayi mereka. Popok sekali pakai juga diminati karena mudah digunakan sehingga memudahkan ibu untuk melakukan tugasnya. Kini bahkan ada aplikasi baru yang bakal lebih membantu ibu mengontrol kelembapan popok si buah hati, yakni TwetPee. Aplikasi sekaligus perangkat baru persembahan Huggies Brasil ini berupa perangkat plastik dengan bentuk lucu yang tinggal Anda rekatkan ke popok bagian depan. Saat popok bayi Anda basah, perangkat akan mengirimkan cuitan ke ponsel Anda. TweetPee akan terhubung ke sebuah aplikasi di iPhone yang akan memberikan notifikasi bila tingkat kelembapan popok sudah tinggi. Hingga kini, produk ini baru tersedia di Brasil. Juru bicara Huggies belum memberikan komentar apa pun hingga kini. Namun, mereka itu diketahui baru saja meluncurkan program yang memberikan penghargaan 15 ribu dolar AS kepada 12 orang yang memiliki gagasan produk inovatif. (MASHABLE/M-2)

±

CMYK

±

CMYK

±

CMYK CMYK

± ±

CMYK CMYK

± ±

± ±

PERJALANAN mINGGU, 12 mei 2013 LAMPUNG POST

23

‘Bikers’ Pringsewu di Tangkuban Perahu

± ±

± ±

Seratusan bikers (pesepeda) dari Klub Sepeda Indonesia (KSI) Cabang Pringsewu ngeluruk ke Bandung, Kamis—Jumat (9—10 Mei). Mereka menjajal trek kawasan Tangkuban Perahu hingga Ciater. Para pesepeda yang mengenakan kaus merah terang dengan tulisan putih besar di bagian depan ‘I Love P r i n g s e w u ’ me me nu h i g e r b a n g Wisata A lam Gunung Tangku ban Perahu, Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (9-5) sore. Warna mencolok itu membuat nuansa merah mendominasi. Tulisan Pringsewu yang tersemat d i dada menjad i c itarasa la i n d i lokasi itu. Mungk in saja, pelintas atau penduduk bertanya-tanya, apa itu Pringsew u atau jika itu suatu tempat, di negeri bagian mana Pringsewu itu. Ada la h K lu b Sepeda I ndonesia (KSI) Cabang Pringsewu yang menggaga s ber w i s at a d i tempat ya n g cukup jauh, tetapi tetap membawa identitas sebagai bikers sejati. Tak pelak, organisasi olahraga hobi yang d igawang i Id r us Ef fend i sebagai ketua ini mengajak anggota mengunjungi Tangkuban Perahu. Hobi yang melekat itu tak bisa ditinggalkan. Meski jauh, para bikers sepakat untuk mendaki dan menuruni rute-rute yang dikenal indah dan cukup menantang di kawasan wisata itu. “Kalau cuma jalan-jalan saja kan kurang asyi k. Padahal, kami kan k lub sepeda, jadi ya identitasnya harus sepeda. Lagi pula, kami pengin juga menjajal trek yang kata para pesepeda sangat asyik. Nah, sekarang kam i bu k t i kan,” kata Id r us ya n g ju ga sek ret a r i s K a bupaten Pringsewu itu. Selain rekreasi, berolahraga sepeda, ada misi daerah yang juga dibawa tim besar ini. Dengan kostum terang bertulis kalimat promotif nanheroik, para pemancal pedal ini ingin mengenalkan Kabupaten Pringsewu ke level yang lebih luas. “Kami bangga pakai kostum ini di sini,” kata salah satu peserta seraya menunjuk gambar hati di dadanya. Mengambil start di gapura Wisata Alam Tangkuban Perahu, para pengontel meny usur i jalan mu lus d i punggung-punggung bukit dengan r i a ng gem bi ra. T rek ber i k ut nya adalah jalan-jalan tanah di perdesaan untuk kemudian menembus teras-teras kebun teh yang memikat pandangan. Beberapa Trek cukup ekstrem bagi

± ±

Para wisatawan sedang menyusuri kanal di Amsterdam.

pemula, berupa turunan cukup terjal dan jalan setapak harus dilewati. Sebag ian besar pesepeda wan ita dan juga rider yang sudah cukup umur memilih menuntun sepedanya seperti penjual kelapa. Cukup melelahkan, tetapi suasana sukacita dan pengalaman penjelajahan tanpa beban membuat tantangan ini sebagai hiburan. Perjalanan satu etape ini memang hanya berjarak sekira 7 kilometer. Rute ini dipilih karena memang sudah dikenal sebagai jalur wisata yang memberi pengalaman menarik bagi pesepeda. Sekira dua jam, rombongan tiba di pabrik teh di bilangan Ciater. Pabrik pengolahan daun aromatik untuk penguat rasa minuman itu memang d i masu k kan sebagai bag ian dar i objek kunjungan oleh event organizer yang merancang trip. Keringat sebagai penanda kerja keras menaklukkan medan segera sat saat peserta mulai rehat di lokasi pabrik teh yang udaranya sejuk bersahabat. Jarak tempuh yang tidak terlalu jauh itu memang bukan ditempuh seperti balapan. Pilihan rute memang diarahkan agar peserta bisa menikmati pemandangan alam, terutama ham-

paran kebun teh yang menghijau dengan alur terasering yang indah jika dipandang dari ketinggian kawasan Lembang dan Subang. “Ya, kami sering berhenti. Bukan karena capek atau medan yang terlalu sulit, melainkan karena ingin berhenti menyaksikan pemandangan dari ketinggian bukit. Suasana kebun teh memang luar biasa menyejukkan hati,” kata peserta lainnya. Pilihan waktu gowes yang sore, yakni mulai pukul 16.00, memang menjadi bagian yang agak disayangkan banyak peserta. Sampai di garis finis pabrik teh sekira pukul 18.00 membuat peserta masih banyak yang penasaran ingin menjajal trek lain. Sayangnya, waktu sudah terlalu larut. Di pabrik teh, meskipun para terlihat kelelahan, para peserta masih ber sema ngat. Wa laupu n ada be berapa peserta yang kurang terbiasa mengalami kram di kaki.

Wisata Belajar Id r us Ef fend i yang d idampi ng i wak i lnya, Firman Muntako, mengaku terkesan dengan tur ini. Ia yang juga birokrat di Pringsewu mengajak anggota yang kebanyakan juga birokrat di kabupaten itu agar tur

± ±

itu bukan hanya dinikmati. Tetapi juga dipelajari, bagaimana daerah melalui event organizer merancang suatu paket wisata yang menarik dan mengesankan. “Kita bisa belajar dari semua yang ada. Baik untuk KSI, untuk kita yang di Pemkab Pringsewu, maupun untuk relasi atau kebersamaan antarkita,” kata Idrus. Idrus menjelaskan dengan mempelajari KSI Cabang Bandung, paling tidak KSI Pringsewu bisa mempelajari

bagaimana mengembangkan organisasi kehobian ini menjadi lebih profesional. Bahkan, KSI juga melakukan tukar pikiran dengan pengurus KSI Bandung. Yang jelas ketiga inti tur gowes ke Bandung ialah untuk membentuk badan menjadi sehat. Sebab, jika badan sehat, bisa meningkatkan kinerja. “Oleh karena itu, kami imbau semua pegawai di Pringsewu untuk bisa menjadi anggota KSI sehingga bisa menjadi besar.” (WIDODO/M-1)

± ±

± ±

FOTO-FOTO: widodo

± ±

CMYK CMYK

± ±

CMYK CMYK

± ±

CMYK

±

±

CMYK

±

FOTO mINGGU, 12 mei 2013 LAMPUNG POST

24

‘Bravo’ Lampung FC

±

L

AMPUNG mulai menapaki gairah baru dalam bidang olahraga sepak bola. Sejak April lalu, Stadion Pahoman menjadi kerap gegap gempita oleh tempik sorak suporter olahraga dengan penonton paling masif sejagat ini. Terlebih, pergantian skuat berjuluk Gajah Beringas ini menunjukkan tren positif. Dalam empat kali laga, dengan nama baru Lampung Football Club, tim besutan M. Nasir itu menekuk lawan-lawannya. Persitara Jakarta Utara 2-1, Lampung FC melanjutkan pestanya dengan melumat Persikasi, Bekasi, juga dengan skor 2-1. Kesebelasan yang dulu bernama PSBL ini teruji bukan jago kandang. Saat adu hebat di Stadion Singa Perbangsa, Karawang, Lampung FC memetik poin penuh dengan unggul 2-1. Lalu, pada laga keempat di kandang sendiri, Lampung FC menjamu Persi-

±

±

pon, Pontianak, juga menang dengan skor 3-1. Dinamika sepak bola Lampung mulai memberi harapan. Tetapi, kebanggaan ini sering terganjal oleh hal-hal nonteknis yang mengundang cibiran. Di laga menjamu Persipon, Minggu pekan lalu, misalnya. Insiden sepak bola tolol kembali terjadi. Pemain Persipon yang merasa kecewa dengan jalannya laga, ditambah kekalahan, membuat mereka mengubah permainan sepak bola menjadi ajang karate. Beberapa foto yang terekam Lampung Post pada beberapa laga Lampung FC menunjukkan geliat sepak bola paling masyhur ini menjanjikan kebanggaan. Ada gambar apiknya beradu teknik, ada euforia penonton yang mulai fanatik, ada antusiasme penggemar yang tak kebagian karcis. Juga ada atraksi sepak bola karate yang memalukan. Mudah-mudahan, ini jurus karate terakhir. n

±

±

±

TEKS DAN FOTO: LAMPUNG POST/zainuddin

±

CMYK

±

CMYK

±


lampungpost edisi 12 mei 2013