Issuu on Google+

PEMANDU ANDA BERWIS BERWISATA SATA Edisi 25 18 Desember 2011 - 18 Januari 2012

CS_PA_China (210x280mm).ai

11/15/11

7:32:30 PM

18 Desember 2

009 - 1 8

WK desem b

er 2011

24 halaman

No.Penerbangan

Rute

Keberangkatan

Kedatangan

No.Penerbangan

Rute

Keberangkatan

Kedatangan

GA213/GA215

YogyakartaͲJakarta

GA890

JakartaͲBeijing

15.20/17.00 21.00 22.55

16.25/18.05 05.00 06.55

GA201 GA898

YogyakartaͲJakarta JakartaͲGuangzhou

06.00 08.35

07.05 14.45

GA891

BeijingͲJakarta

15.25 13.05 16.15/18.15

GA899 GA202

GuangzhouͲJakarta JakartaͲYogyakarta

15.45 06.10*

19.55 07.15*

GA214/GA216

JakartaͲYogyakarta

08.50 06.30 15.10/17.10

GA215/GA217 GA894

YogyakartaͲJakarta JakartaͲShanghai

17.00/19.00 00.05

18.05/20.05 07.10

GA895 GA216/GA218

ShanghaiͲJakarta JakartaͲYogyakarta

10.05 17.10/19.30

15.40 18.15/20.35

Garuda Indonesia

Hotel Inna Garuda, Jl. Malioboro No. 60, Yogyakarta 55213, Phn. (0274) 558470, Fax. (0274) 558489

LABUHAN MERAPI (karya: Ardi Rimbawan)

Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Jln. Laksda Adisucipto Km 5 Jogja Telp (0274) 485650, 7487497 Fax (0274) 485214 www.stipram.ac.id

BUS PARIWISATA & RENT CAR

PT Bimo Transport Indonesia Jln.Raya Berbah, Sampakan, Kadisono, Tegaltirto, Berbah, Sleman- JOGJA Tlp (0274)4435100,7470643 Fax (0274) 4435200

Edisi 25 Desember 2011

2 Rasa Syukur Kami TAK terasa langkah perjalanan kami (INFO WISATA JOGJA & JATENG) telah memasuki tahun yang ke-2. Tepatnya 18 Desember 2011. Manis, pahit kami rasakan. Suka dan duka pun telah kami temui. Hanya karena adanya semangat dari kami, adanya dukungan dari para mitra kami dan yang utama karena adanya “sentuhan tangan” dari Tuhan YME maka kami masih bisa eksis dan hadir di tengah-tengah dinamika kepariwisataan di DIY maupun di Jawa Tengah. Kami sadar, kami belum bisa sempurna. Perjalanan kami masih panjang dan kami masih membutuhkan

Selamat Sukses Fera Leonidya PR Santika Premiere Yogyakarta

dukungan para mitra. Kami takkan mampu berjalan dan hadir tanpa dukungan, khususnya dari kalangan industri pariwisata di DIY dan Jateng. Kami ingin selalu bergandengan tangan dengan semua pihak. Namun kami tetap berkomitmen untuk terus dan terus hadir guna memberikan sumbangsihnya bagi kepariwisataan di DIY dan Jateng. Berbagai upaya untuk menjadi yang “lebih baik” tentunya telah kami siapkan sebagai program kami di tahun 2012 mendatang. Atas semua itu, izinkan kami dari tim redaksi maupun manajamen INFO WISATA JOGJA & JATENG

18 Desember 2

009 - 1 8

menyampaikan rasa terimakasih kami kepada semua mitra kami, khususnya para pelaku pariwisata di DIY dan Jateng. Rasa syukur pun kami panjatkan atas kemudahan yang telah diberikan dari Tuhan YME. Tak lupa doa serta dukungan selalu kami harapkan dari pembaca setia kami dan dari semua pelaku pariwisata di DIY maupun Jateng. Salam hangat

WK desem b

er 2011

Budi Hermawan: (Ketua STP AMPTA Yogyakarta)

Eunike Martanti: Pelaku Pariwisata di Wonosobo

Makin Beragam

Jadi Referensi

MESKI baru memasuki usianya yang ke-2, namun Tabloid INFO WISATA JOGJA & JATENG telah memberikan warna tersendiri bagi dunia kepariwisataan di DIY. Media ini telah memberikan kem anfaatan, tak hanya bagi warga kota Jogja dan sekitarnya, namun juga para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Khususnya untuk memperoleh informasi tentang pariwisata. Untuk itu ke depannya, media ini harus mampu memberikan informasi yang makin beragam. Mampu mengekspos obyek wisata yang unik dan jarang dikunjungi. Dan tentu saja, foto-foto obyek wisata juga mudahmudahan bisa ditampilkan dengan lebih banyak lagi. Begitu juga informasi mengenai hotel serta akomodasi makin dilengkapi. Dan saya yakin dengan komitmen yang ada, maka tabloid ini akan terus berkembang dan memperoleh kepercayaan luas, khususnya dari para pelaku dunia pariwisata. Baik yang ada di DIY maupun Jateng. Selamat HUT ke-2, sukses selalu. (*)

UNTUK mengenal wisata di Jogja & Jawa Tengah secara lengkap, salah satunya adalah melalui Tabloid INFO WISATA JOGJA & JATENG. Media ini telah secara apik meramu dan menyajikan berbagai informasi pariwisata di tanah air, khususnya DIY dan Jateng. Tabloid ini sudah mampu menempatkan diri menjadi referensi dan secara tidak langsung dapat memberikan langkah maju bagi daerah wisata yang ada. Banyak tempat wisata, kuliner, dan hal baru yang dikupas disini, sehingga kita pun mengenal dan mencobanya. Kedepannya semoga media ini tetap mempunyai komitmen dan rasa cinta terhadap kemajuan dunia pariwisata, khususnya di DIY & Jateng. Seni budaya tradisional berbasis pada kearifan lokal, tradisi lokal, perlindungan terhadap daerah wisata, tentunya bisa menjadi wacana tersendiri untuk memperkaya isi INFO WISATA JOGJA & JATENG ke depannya. Selamat Ulang Tahun yang ke-2. Sukses dan maju terus. (*)

Tampilkan Artikel TABLOID INFO WISATA JOGJA & JATENG dengan tulisan-tulisan yang informatif tentang pariwisata sudah cukup baik dalam hal membantu promosi destinasi pariwisata, khususnya di Jateng-DIY. Perlu dipertahankan kualitas informasinya dan terus diperluas penyebarannya. Halamannya juga diperbanyak, bisa juga dengan ditambah artikel tentang tokoh pariwisata setiap terbit sebagai wawasan pembacanya. Selamat Ultah ke-2 dan tetap terus berkarya. (*)

Deddy Pranowo Eryono Ketua BP2KY DIY

Herlambang JL Pemimpin Redaksi

Informasi Umum

Yuwana Wiraswasti Pemilik RM “Bungong Jeumpa” Makin Inovatif SEBUAH terobosan telah dilakukan oleh Tabloid INFO WISATA JOGJA & JATENG. Media ini telah tampil sebagai media pamandu para wisatawan, khususnya yang datang ke Jogja. Isinya pun kian beragam. Meski baru menginjak usia yang ke-2 namun tabloid ini telah cukup memberikan kontribusi bagi dunia pariwisata di DIY. Tak hanya obyek wisata alam yang ditampilkan, namun juga informasi mengenai kulinernya cukup lengkap. Sehingga wisata kulinernya pun turut terbantu dengan adanya tabloid ini. Ke depan tentunya media harus makin bisa berkembang, makin kreatif dan tentunya harus makin inovatif. Jogja sebagai kota wisata memang membutuhkan media penghubung antara pelaku pariwisata dengan masyarakat . Nah, disinilah INFO WISATA JOGJA & JATENG mampu berperan. Saya atas nama manajemen RM “Bungong Jeumpa” mengucapkan selamat Ultah ke-2 dan sukses selalu. (*)

Riana Ambarsari SMM Griya Persada Hotel Jembatan Dunia Pariwisata TABLOID ini telah hadir dengan konsep yang berbeda dan sangat spesifik. Semoga tahun ketiga menjadi lebih baik lagi dan tetap menjembatani segala kebutuhan stakeholder pariwisata, tidak hanya pelaku, penyedia jasa pariwisata ataupun pemegang kebijakan, tapi juga wisatawan serta pengunjung. (*)

Andi M Ketua HPI DIY Lebih Mendalam TABLOID INFO WISATA JOGJA & JATENG sudah bagus. Ke depan paket destinasi bisa dibuat lebih mendalam, kalau perlu bersambung tidak apa-apa. Disuguhkan dengan gambar, tapi berseri, mungkin tidak ya. Jadi biar pembaca lebih puas. Dipertajam brand info wisata-nya. Apa rencana redaksi di tahun 2012?, kami menunggu kejutan barunya. (*)

Wisata Kesehatan dan Pendidikan APRESIASI positip saya berikan kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG. Diusianya yang ke-2 tampak ada perkembangan yang menggembirakan. Beberapa masukan dari saya antara lain, perlunya dilengkapi kolom surat pembaca. Sehingga ada komunikasi dua arah. Juga info tentang hotel murah termasuk resto murah perlu terus ditayangkan. Lebih dari itu, harapan saya tabloid ini Istijab Danunagoro pun ditempatkan dan dibagikan secara kontinu dan cuma-cuma pada titik keKetua PHRI DIY datangan di Bandara Adisucipto. Dengan demikian benar-benar akan membantu para wisatawan asing/domestik yang akan berwisata di Jogja. Berbagai info tentang obyek wisata sudah cukup lengkap dan baik. Saya kira ini harus terus dipertahankan. Harapan lain kiranya kegiatan BP2KY serta BPP Sleman juga terus dicover. Info tentang wisata kesehatan dan pendidikan saya harap juga memperoleh prioritas bagi tabloid ini. Sukses dan selamat.

Djulkarnain GM Ibis Malioboro Corong Pariwisata SEBAGAI salah satu corong kepariwisataan Jogja dan Jateng, Tabloid INFO WISATA JOGJA & JATENG telah ikut serta aktif dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada di wilayah Jogja dan Jawa Tengah. Harapan saya sebagai salah satu stake holder pariwisata adalah agar tabloid ini tetap mengedepankan destinasi-destinasi baru yang potensial tersaji bersama dengan destinasi yang sudah di kenal luas oleh masyarakat. Dengan demikian dapat menstimulasi para calon pengunjung untuk merasa selalu mempunyai tempat tujuan untuk kunjungan mereka berikutnya ke Jogja dan Jateng. Sekaligus media ini bias menjadi pegangan dan referensi wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Selamat Ulang Tahun yang ke 2 kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG semoga semakin sukses dalam berperan serta memajukan kepariwisataan di region ini. (*)

KEHADIRAN tabloid INFO WISATA JOGJA & JATENG cukup memberikan informasi lengkap tentang pariwisata di Jogja dan Jawa Tengah. Bahasanya yang sederhana dan ringkas menjadikan enak dibaca untuk wisatawan. Lay out perlu ditata dengan klasifikasi sejenis (iklan, artikel,liputan,wisata minat khusus,daftar obyek wisata) agar supaya lebih teratur. Sebagai masukan, kiranya perlu ruang (halaman) untuk informasi umum seperti : peta, jadwal event, telpon penting, tips, jalur bus, jadwal penerbangan. Dengan demikian nantinya media ini akan benar-benar bias menjadi “pegangan utama” bagi siapapun yang tengah berwisata di Jogja. Semoga beberapa masukan dari saya ini bermanfaat demi kemajuan INFO WISATA JOGJA & JATENG. Harapan kami pribadi maupun segenap Civitas akademika AMPTA, semoga INFO WISATA JOGJA & JATENG menjadi majalah Panduan Wisatawan Jogja dan Jawa Tengah. Selamat untuk HUT ke 2, semoga berjaya dan berkembang.(*)

Yulia Rustyaningsih Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja

BUS PARIWISATA & RENT CAR

(Pengirim: Sukreni, d/a Hotel Mawar 1, Jln Candi Sewu, Prambanan, Klaten)

Aset pariwisata USIA memang baru 2 tahun. Tapi perkembangannya luar biasa. Saya mengikutinya dari awal. Keberadaan Tabloid ini telah menjadi salah satu aset media khususnya di Jogja yang sangat spesifik membahas informasi pariwisata. Benar-benar direct soal tourism. Sejak awal sudah mengkondisikan sebagai mitra bisnis pariwisata berikut stakeholder yang ada. Mulai dari pengelola hotel, destinasi wisata, persewaan mobil, taksi, kereta api, bandara, dan lain sebagainya. INFO WISATA JOGJA & JATENG adalah media bagi para pelaku bisnis jasa pariwisata. Media promosi maupun informasi. Termasuk juga bagi wisatawan, mereka yang tidak memiliki ide mau kemana saat ke Jogja, bisa membaca ini. Banyak kemudahan dan alternatif pilihan yang diberikan bagi pembaca. Semoga ke depan jangkauannya bisa diperluas ke kota-kota potensial bagi pariwisata di Jogja. (*)

Instrumen Informasi SAYA mengucapkan terima kasih kepada Tabloid INFO WISATA JOGJA & JATENG. Karena selama ini telah menjadi bagian terpenting dalam mempromosikan wisata Jogja dan banyak mengeksplor potensi wisata Jogja. Tabloid ini juga menjadi instrument informasi antar pelaku pariwisata di Jogja, bahkan turut ambil bagian dalam menguatkan pariwisata dan mendorong sinergitas stakeholder pariwisata di Jogja. (*)

KIRIMKAN foto-foto saat Anda tengah berwisata bersama teman, keluarga ataupun kelompok (di gunung, pantai, sungai, rumah makan, dsb) ke Redaksi INFO WISATA JOGJA & JATENG (Jalan Kaliurang Km 5, Gg Pandegarini 12, Kentungan, Jogja). Foto dicetak dalam ukuran 6 R. Jangan lupa gunting dan tempelkan KUPON “JALAN-JALAN BERHADIAH” yang terdapat di halaman depan (cover) pojok kanan atas INFO WISATA JOGJA & JATENG pada amplop Anda. Pengirim yang fotonya dimuat akan memperoleh bingkisan menarik dari PO BIMO, HARTZ CHICKEN BUFFET, TOKO ARLOJI GUNUNG MAS dan berlangganan gratis INFO WISATA JOGJA & JATENG selama 3 bulan. Selamat berwisata, foto Anda kami tunggu! – Redaksi

KALIURANG – Pasca erupsi Merapi, kawasan wisata Kaliurang di Sleman tetaplah menarik untuk dikunjungi. Seperti saat saya menikmati segarnya udara Kaliurang dan menyempatkan diri jalan-jalan di Taman Kanak-Kanak.

Gatot S (GM Puri Artha Hotel)

FOTO BERHADIAH

Edisi 25 Desember 2011

3

Sensasi Wisata Kuliner di “DANDITO” Jln. Marsma R Iswahyudi, Gunung Bakaran, BALIKPAPAN, Kalimantan Timur Telp (0542)764367 HP 0811532368 Email :cvrestodandito@yahoo.co.id

TERJUN DI DAPUR – Pemilik restoran “DANDITO”, Rudy Setiawan (depan) tak segan-segan terjun langsung di dapur bersama para juru masaknya. “Saya memang suka memasak,” tutur Rudy kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG. Tak hanya jalinan antara dirinya dengan para karyawannya menjadi lebih harmonis, namun juga dari sisi kualitas kontrol masakan di “DANDITO” benar-benar terjaga. Tak hanya cita rasa yang khas, namun juga kebersihan dan higienitas benar-benar sangat diperhatikan oleh manajemen “DANDITO”. Inilah sesungguhnya “nilai lebih” dari rumah makan dengan menu spesialnya yakni kepiting ini. Maka tak heran jika “DANDITO” selalu menjadi jujugan utama para wisatawan yang datang ke Balikpapan. Dan menu spesial kepiting “DANDITO” kini menjelma menjadi ikon kuliner khas Balikpapan. “Belum ke Balikpapan kalau belum mencicipi kepiting DANDITO,”’ tegas Rudy. (*)

ARTIS DAN POLITISI Para konsumen dan pelanggan kepiting “DANDITO” tak hanya masyarakat biasa, namun juga datang dari berbagai kalangan. Mulai dari artis, pengusaha, politisi hingga pejabat. “Saya bangga sekaligus bersyukur atas kepercayaan yang diberikan oleh para konsumen pada restoran DANDITO,” jelas pemilik restoran “DANDITO”, Rudy Setiawan. Banyaknya kalangan yang menjadi pelanggan kepiting “DANDITO” ini menurut Rudy membuktikan bahwa cita rasa kepiting “DANDITO” memang bisa diterima oleh lidah semua kalangan. “Oleh karenanya, kami pun menyediakan aneka rasa masakan kepiting,” imbuhnya. Hal yang unik dari restoran ini, semua tamutamu “istimewa” akan diabadikan (didokumentasikan) secara rapih dan tersimpan dalam album, bahkan terpampang di beberapa sudut bangunan restoran. “Ini semua wujud apresiasi kami pada mereka,” kata Rudy. (*)

Rudy Setiawan bersama artis, Aura Kasih.

Rudy Setiawan bersama Ketua Umum Golkar, Aburizal Bakri.

RESTORAN KELUARGA – Dengan suasana yang asri dan nyaman, restoran “DANDITO” menjadi pilihan keluarga untuk bersantap siang maupun malam hari. Bahkan tak jarang di restoran ini kerap dipergunakan untuk berbagai event, syukuran, ulang tahun, jamuan relasi, dsb. Beberapa menu andalan dari “DANDITO” adalah kepiting saos lada hitam, kepiting asam manis, kepiting saos tiram, kepiting goreng mentega serta kepiting spesial “DANDITO”. “Semua kami masak dan kami racik dengan resep dan bumbu khusus. Bahan bakunya kami pilih yang benar-benar berkualitas. Kepitingnya tak hanya besar, namun juga berdaging dan fresh,” papar pemilik “DANDITO”, Rudy Setiawan.

Rudy Setiawan bersama artis Donita.

Rudy Setiawan bersama Farah Quinn.

JADI OLEH-OLEH – Mungkin baru satu-satunya di Indonesia, sebuah menu masakan kepiting menjadi oleh-oleh. Dan itu hanya ada di Balikpapan. Masakan kepiting yang menjadi andalan restoran “DANDITO” saat ini telah menjadi buah tangan bagi siapapun yang datang ke Balikpapan, khususnya para wisatawan. Besarnya animo masyarakat luar Balikpapan untuk membawa pulang menu kepiting “DANDITO” sebagai oleh-oleh, mendorong sang pemilik restoran, Rudy Setiawan, menciptakan sebuah kemasan y a n g apik, enak d ditenteng sekaligus tetap higienis. “Jadi meski dibawa ke dalam pesawat tak masalah. Aromanya juga tetap teta terjaga,” jelas Rudy. Tak hanya menjadi oleholeh khas Balikpapan, masakan kepiting “DANo DITO” juga bisa dipesan dari luar Balikpapan. Bahkan beberapa pelanggan berasal dari Jogja. “Cukup telepon, pesanan siap kami antar. Sekitar 5 jam pesanan kepiting sudah sampai di alamat (di Jogja),” jelas Rudy. (*)

Selamat Sukses “

“ FAMILY FITNESS CENTRE

Fitness Aerobic TH Pilates Yoga Fitness Centre Salon Kafe for Family Body Combat Body Language Kursus Pelatih Senam Aerobic

&

18 Desember 2

009 - 1 8

WK desem b

er 2011

Edisi 25 Desember 2011

5

Perjalanan INFO WISATA JOGJA & JATENG di Hongkong

Melihat Telapak Tangan Bruce Lee HONGKONG, siapa yang tak ingin menginjakkan kaki di negeri yang saat ini sudah menjadi bagian dari negara China ini?. Tak hanya gemerlap sebagai wilayah metropolitan saja, tapi Hongkong juga sudah menjadi jujugan terfavorit bagi masyarakat dunia untuk menyalurkan hasrat berwisata belanja. Tak heran Hongkong kerap disebut “surga belanja” di Asia. Bagi yang suka keluar-masuk mal, yah Hongkong-lah tempatnya. Anda akan terpuaskan menelusuri satu demi satu bangunan mal yang megah, modern dan menjulang bak pencakar langit. Untuk wisata kuliner, Hongkong pun menyajikan sebuah kekayaan yang luar biasa dalam hal dunia kuliner. Tak hanya yang berada di restoran, namun di pinggiran jalan juga akan mudah kita dapati “kaki lima” ala Hongkong.

Salah satu obyek yang unik untuk dikunjungi saat kita berwisata di Hongkong adalah obyek yang diberi nama Avenue of Stars. Tempat ini semacam Hollywood Walk of Fame di AS. Disini para bintang film ternama meninggalkan jejak dalam bentuk telapak tangan yang dicetak dengan semen. Beberapa telapak tangan yang diabadikan disini adalah tangan Bruce Lee dan Jackie Chan. Avenue of Stars Hongkong terletak di tepi laut di Harbour City di Kowloon. Pemandangannya sangat indah: menghadap ke laut biru, tempat kapal-kapal tongkang dan kapal barang raksasa lewat menuju pelabuhan Hongkong, dengan latar belakang pemandangan kota yang dihiasi gedung-gedung pencakar langit.

Pengelola Avenue Of Stars sengaja membuat patung bintang kungfu Bruce Lee. Dari pengamatan INFO WISATA JOGJA & JATENG yang berkesempatan berkunjung ke Hongkong, tampak jelas betapa patung Bruce Lee yang berakting seolah menanti serangan lawan itu begitu digemari wisatawan untuk berfoto. Hingga saat ini, Bruce Lee masih menjadi figur yang terkenal di seluruh dunia dan masih sangat populer di kalangan orang-orang Asia, khususnya di antara orang-orang China. Lokasi lain, selain pusat perbenlanjaan, yang layak Anda kunjungi saat di Hongkong adalah pesona Disneyland Hongkong. Berbagai jenis permainan, karnaval dunia hingga permainan sinar laser berteknologi canggih akan bisa kita saksikan dan nikmati di Disneyland ini. (Herlambang JL)

BRUCE LEE – Pemimpin Redaksi INFO WISATA JOGJA & JATENG, Herlambang JL, saat berada di Avenue of Stars (Hongkong). Tampak dengan latar belakang patung legendaris bintang kungfu Bruce Lee.

BELANJA - Suasana kota Hongkong sebagai “surganya” belanja di Asia.

LPK SPA PUTRI KEDATON TAMPIL cantik dan sehat tengah menjadi tren di masyarakat. Tidak heran jika tempattempat yang menyajikan pelayanan spa. Sementara untuk menciptakan customer satisfaction, spa pun harus didukung pula dengan tenaga terapis yang berkomepten. Bekal kemampuan yang unggul bagi terapis inilah yang coba diberikan oleh LKP Spa Putri Kedaton. LPK ini akan memberikan keterampilan dan pengetahuan sebagai bekal dalam melayani konsumen dengan baik, dan modern Spa. Lembaga pendidikan ini siap untuk meluluskan tenaga terapis yang komepten serta profesional berskala nasional

ataupun internasional serta berkemampuan dalam hal manajemen salon dan spa. Materi pendidikan meliputi basic, meliputi tingkat basic, intermediate I, intermediate II serta advance. Meliputi teknik perawatan spa tradisional, modern, teknik perawatan spa spa holistic, teknik perawatan spa rambut dan wajah, sementara untuk kategori advance meliputi, Femme Body Treatment seperti teknik body slim, v spa dan ratus V, brust treatment, Hindi Spa meliputi ayurveda Indian Spa, shirodara bliss treatment. Dapatkan juga manajemen professional spa hingga meracik aromatherapy & massage Oil. (adv)

Informasi lebih lanjut hubungi LKP Spa Putri Kedaton Jln. Nusa Indah No.33 Condongcatur, JOGJA Telp. (0274) 887249 Email : putrikedaton_spa@yahoo.com Website : www.putrikedaton.com

Selamat Sukses

18 Desember 2

009 - 1 8

WK desem b

er 2011

Selamat & Sukses

18 Desember 2

009 - 1 8

WK desem ber 201 1

Edisi 25 Desember 2011

8 Ayo Liburan ke Orang Utan Adventure Resto PASCA erupsi Merapi “Orang Utan Adventure Resto” tetap beroperasi seperti biasa. Bahkan terus menambah berbagai fasilitas yang ada. “Kami siap untuk menyambut tamu di musim liburan Desember ini,” terang Pimpinan “Orang Utan Adventure Resto”, Selly Sagita kepada INFO WISATA JOGJA. “Orang Utan” berada di lokasi yang strategis. Tepatnya berada di Jln. Mayor Kusen KM 2,4 Mungkid, Magelang (dari pertigaan Palbapang menuju Candi Mendut). Rumah makan ini benar-benar nyaman dan rekreatif.

Berdiri di atas lahan 8.000 m2, dengan kapasitas tempat duduk yang besar, tempat parkir luas dan aman. Dilengkapi pula rekreasi Outdoor seperti Wisata Arung Jeram (Rafting) menggunakan perahu karet di Sungai Elo, Camping Ground, maupun rekreasi indoor dengan konsep petualangan dalam ruang di atas kawat baja (flying fox, Marine Bridge, Wall Climbing, Spider Wall). Total ada 31 macam permainan. “Untuk Makanan khas Indonesia bisa dipesan untuk rombongan, 4-5 jam sebelum rombongan hadir,” ungkap Selly Sagita yang juga pemilik “Borobudur Silver” ini. “Orang Utan” buka tiap hari. Memiliki fasilitas Panggung, Musholla, kamar istirahat untuk Crew/Sopir, 60 Kamar Mandi, loker baju, dan adanya toko souvenir dan makanan ringan. (Herlambang JL)

Info lengkap: email: orangutan@borobudur-silver.com Telp (0293)789324 SMS 081 226 325 325

Eloknya Pulau Jumino KALA mengunjungi Gunungkidul Anda dapat menjumpai wisata pantai yang diberi nama Pantai Kukup. Pantai yang khas dengan pasir putihnya ini memiliki semacam gardu pandang di atas sebuah karang besar atau yang di beri nama Pulau Jumino. Dari tempat ini, kita dapat menyaksikan ciptaan-Nya yang sangat luar biasa, mulai dari ombak yang tiada hentinya menyiramkan air asin kedaratan, batu – batu karang yang mengandung nilai artistic tinggi, hingga hamparan rumput laut yang terlihat sangat jelas dari atas pulau. Bila anda ingin ke pulau ini, dari tempat parkir anda tinggal berjalan keselatan terus sampai melihat tangga yang kokoh. Anda tinggal mengikuti tangga itu saja, tapi hati – hati karena tangganya agak licin ada pasir pantainya. Saat pagi hari Anda bisa melihat dengan jelas terbitnya sang mentari dan dikala senja Anda bisa melihat matahari yang mulai “bersembunyi” di balik batu karang. Disaat siang hari Anda bisa melihat hamparan rumput laut yang luas disepanjang pantai dan juga melihat wisatawan yang berusa mencari ikan hias yang sedang bersembunyi dibalik karang – karang kecil. Menjelang sore hari sekitar pukul 15.00 air di pantai ini surut dan rumput laut mulai kelihatan. Saat inilah para pengunjung berburu rumput laut. Tetapi

tak ketinggalan juga para pedagang buah tangan berupa makanan disini untuk ikut berburu rumput laut untuk menjadi bahan jualan di hari esok. Rumput laut dibuat agak lembut lalu digoreng dengan tepung sebagai perekat. Rumput laut goreng yang di jual di pantai ini cukup murah, hanya Rp 5.000 Anda sudah bisa mendapat 4 plastik rumput laut yang siap untuk disantap.(M Windu Karsa)

Edisi 25 Desember 2011

9

Menu-menu Khas di Serayu Chinese Restaurant

Wusata Kuliner di Jalan Godean

HENDAK berwisata kuliner?, tak perlu repot dan bingung. Segera saja kunjungi restoran berciri khas tersendiri yakni China atau Chinese Food. Restoran itu adalah Serayu Chinese Restaurant di Grand Quality Yogyakarta. Restoran ini berkapasitas untuk 102 tempat duduk, termasuk 3 ruang khusus (private room), dengan atmosfir yang nyaman dan khas negeri China dan buka setiap hari pukul 11.00–22.00. Beberepa menu antara lain, aneka sup seperti sup Jagung Kepiting, Sup Asparagus, Sup Sari Laut, Sup Hie Sit Kepiting, Sup Pelangi, Sup Bibir Ikan , Kuah Ikan Segar, Kuah Hie Phio, Kuah Ayam Jamur, Kuah Bakso Ikan/Daging, Juanlo. Menu utama antara lain Bebek Tanpa Tulang, Bebek Saus Tiram, Beebek Hoisom, Ayam Saus Lemon, Ayam Nanking, Ayam Szechuan, Ayam Bawang Jahe, sapo tahu Jepang, sapo Kakap. Bagi penggemar sayuran tersedia Taoge Abalone, Brokoli Scallop, Buncis 4 Musim, Kangking Ca Udang. Bagi yang menyenangi masakan Burung Dara tersedia pilihan menu Burung Dara Ngohiong, Burung Dara Saus Tiram, Burung Dara Goreng Mentega, Burung Dara Bawang Jahe. Masih ada lagi satu jenis menu khas yakni steam ikan malas. Ikan ini bisa dipilih sendiri langsung dari aquarium. Semua makanan disajikan secara fresh dan hangat dan diolah khusus oleh Chinese Super Hauw Seng Tjiang yang akrab dipanggil Chef Hauw. (Herlambang JL)

KAWASAN sepanjang Jalan Godean kini cukup marak dengan hadirnya berbagai tempat makan. Maka tak ada salahnya Anda susuri saja Jalan Godean sembari berwisata kuliner. Mulai dari depan Mirota Godean, Anda dapati Mie Ayam “Pak Udin”. Murah dan laris. Sebelahnya ada RM makan ayam “Olive”. Ke barat sedikit kita dapati tahu kupat Magelangan. Anda susuri lagi ke barat akan menjumpai warung bakso “Uleg” khas Temanggung. Selanjutnya tak jauh dari warung bakso itu Anda akan jumpai tempat makan khusus ayam goreng “Ibu Umi” dengan sambal yang khas. Persis sebelah SPBU (Jln Godean Km 4) terdapat warung mi jawa “Cak Edi II” serta soto. Dari sini Anda bisa menyeberang dan mendapati warung bakso “1001”. Dengan dagingnya yang khas. Petualangan kuliner bisa Anda lanjutkan ke barat lagi dan akan mendapati ayam goreng “Popeye”. Sekitar 300 m dari ayam goreng “Popeye” Anda bisa mencicipi pedasnya sambal di Warung “SS” dengan lebih dari 20 jenis sambal. Barat perempatan ring road Godean, Anda masih akan menemukan bakso DMI (Demak Ijo) dengan bulatan bakso yang super besar. Petualangan kuliner belum berakhir, sebab di Jalan Godean Km 7 akan kita dapati warung mie Jawa “Bakmi Pele”, hingga ke barat sampai pasar Godean kita akan jumpai pusat penjualan kripik welut (belut) yang memang menjadi “ikon” kuliner khas Godean selama ini. Selamat berwisata kuliner di Jalan Godean. (Herlambang JL)

Telepon Taksi

Sensasi Pecel Madiun JIKA Anda penikmat kuliner pecel, cobalah sensasi rasa pecel khas Madiun di rumah makan “Sego Sambel Pecel Madiun” yang berada di Jalan Kaliurang Km 8,5 Jogja (sebelah utara toko buku “Social Agency”). Berbeda dengan pecel-pecel yang ada di Jogja, pecel di rumah makan yang dikelola Prasunu Wahyu ini memiliki sensasi dan cita rasa yang khas. Benar-benar Madiun. “Pecel disini benar-benar asli pecel Madiun. Ada rasa jeruk purut, sementara untuk kacang sebagai bumbu tidak digoreng namun kami oven,” ungkap Prasunu kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG. Dengan kacang yang dioven maka bumbu pecel menjadi tak berminyak. Sehingga rasanya benar-benar pas di lidah. “Untuk bumbu pecel juga dilengkapi cabai, gula khas Pacitan, asam serta terasi,” lanjut Prasunu yang ramah ini. Sementara untuk sayurannya terdiri dari bayam, kenikir, daun ketela, lamtoro, kecambah, kembang turi ( jika sedang musim). “Semua kami masa secara fresh, sehingga rasa sayuran tetap segar,” jelasnya. Dalam penyajiannya masih ditaburi serundeng dan kerupuk karak (lempeng) , peyek kacang/teri. Untuk menambah kenikmatan, Anda bias menambah lauk seperti empal, tahu/tempe goreng, lidah, iso, babat, ayam bakar/goreng serta telur asin maupun telur mata sapi. Di “Sego Sambel Pecel Madiun” ini juga tersedia menu lain: soto sapi. “Rencananya juga akan kami sajikan sate khas Bantul yakni sate klatak,” ungkap Prasunu. (Herlambang JL)

Sego Sambel Pecel Madiun Jln Kaliurang Km 8,5 Jogja Telp (0274) 2682200 HP 0813 3530 0320

JAS Armada ASA Rajawali Indra Kelana

373737 512787 545545 561459, 612976 523131, 563910, 515819

Pataga Pandawa Vetri Centris Setia Kawan Sadewo Primkopad

317725 447231, 7483000 563551, 563555 544977 448333, 522333 376107 621055, 621333

Edisi 25 Desember 2011

10

Warung “HILMAN” Favorit Kalangan Mahasiswa

Meriahnya Malam di Alun-alun Kidul

HARGA murah, terjangkau namun tetap dengan cita rasa yang terjaga, itulah menu-menu yang ada di Warung “HILMAN”. Tempat makan satu ini berada di Jalan Affandi, Gg Guru No.12 Jogja. Lokasinya mudah dijangkau, masih di lingkungan kampus UNY. Dengan bangunan yang sederhana, namun asri dan familiar, menjadikan Warung “HILMAN” jadi jujugan sekaligus tempat makan favorit kalangan pelajar dan mahasiswa. “Meski konsep kami tetaplah sebagai tempat makan untuk semua kalangan, dan untuk semua keluarga,” jelas sang pemilik Warung “HILMAN”, Hilman Hakim kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG. Warung “HILMAN” tampil dengan dapur terbuka (open kitchen). “Kami pun mengutamakan kecepatan dalam pelayanan. Jangan sampai konsumen terlalu lama menunggu pesanan menu,” tegas Hilman. Menu-menu yang tersaji di tempat makan satu ini adalah cenderung ke western, baik yang berbasis kentang, keju, daging maupun pasta. Harga menu sangat terjangkau. Mulai dari Rp 13.000. Nah, segeralah nikmati sensasi cita rasa menu-menu khas sembari berwisata kuliner, hanya di Warung “HILMAN”. (Herlambang JL) ALUN-alun kidul atau popular dengan sebutan Akid merupakan sebuah tempat yang sayang untuk dilewatkan bila Anda berkunjung ke Jogja. Termasuk bagi orang yang sudah tinggal di Jogja, berkunjung ke Alkid merupakan hiburan tersendiri. Sesuai dengan namanya, Alkid ini terletak di selatan atau di belakang Keraton Yogyakarta. Ketika malam mulai menjelang, Alkid mulai menggeliat. Pedagang wedang ronde, bajigur, jadah bakar, dan penganan lainnya mulai beraktivitas. Juga persewaan sepeda tandem dan becak bertingkat. Kendaraan inilah yang akhirakhir ini semakin membuat malam di Alkid semakin meriah. Sepeda tandem dan becak tingkat yang disewakan itu diberi hiasan lampu berwarna-war-

ni. Sepeda tandem tersebut disewakan kepada pengunjung seharga Rp.10.000 untuk 3-4 kali putaran mengelilingi Alkid. Sedangkan untuk becak bertingkat disewakan seharga Rp 20.000 untuk 2-3 kali putaran. Kendaraan ini terasa menyenangkan jika dinaiki secara rama-ramai bersama teman atau anggota keluarga. Setelah puas berkeliling Alkid, pengunjung dapat mencoba permainan yang khas yaitu Masangin. Permainan ini gratis dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Pengunjung tinggal menutup mata dengan sapu tangannya sendiri (kalau tidak membawa ada yang menyewakan) dan berjalan memasuki lapangan tengah di antara dua pohon beringin besar yang ada di Alkid. (AM Azzet)

KL

AT EN

Wisata Air di Jateng ANDA suka berwisata air?. Nah, di bawah ini ada beberapa obyekobywk wisata air di Jawa Tengah yang mungkin cukup menarik untuk Anda kunjungi:

Water Boom Restu Wijaya LOKASINYA di Desa Pelem, Kecamatan Simo, kurang lebih 10 km sebelah utara Kota Boyolali. Fasilitas permainan air dan menara untuk berselancar khusus anak-anak tersedia dikolam renang. Untuk orang dewasa terdapat kolam renang standar semi olimpic. Kawasannya juga dilengkapi dengan arena futsal standar nasional.

Water Boom Ndayu Park TERLETAK di kawasan Taman Dayu Alam Asri di Desa Ndayu, Karangmalang, Kabupaten Sragen, atau sekitar 30 km dari Kota Solo. Dibangun dengan nuansa pedesaan yang sesuai dengan standar nilai pendidikan dan hiburan. Dengan harga masuk Rp 15.000/orang, pengunjung sudah bisa menikmati kolam air dengan permainan airnya. Water Boom Wahana Taman Air Kwangen BERLOKASI di Kecamatan Gemolong, jalur Solo-Purwodadi, 45 km dari pusat Kota Sragen atau Solo. Fasilitasnya antara lain kolam renang untuk dewasa dan anakanak serta papan luncur. Harga tiket masuk adalah Rp 3.000/orang untuk anak-anak, sedangkan untuk orang dewasa adalah Rp 5.000/orang. Pikatan Water Park OBYEK ini merupakan salah satu tempat andalan Kabupaten Temanggung yang berlokasi di Desa Mudal Kecamatan Temanggung. Sumber airnya alami dan memiliki luas 1,5 hektar dengan fasilitas permainan air seperti empat kolam renang, 11 water slide dengan ukuran terpanjang 40 m, dan tersedia tempat bilas dengan air hangat. Pengunjung juga bisa menikmati fasilitas seperti flying fox, bola transparan, serta arena outbound. Pantai Alam Indah MERUPAKAN kombinasi dari aspek alam, budaya, hiburan, pendidikan, arsitektur dengan nuansa modern tanpa menghilangkan ciri khas Kota Tegal. Fasilitasnya terdiri dari monumen bahari, water boom, Anjungan Wisata, dokar wisata, panggung hiburan, anjungan laut, perahu wisata dan kereta wisata. (Herlambang JL)

PERTEMUAN RUTIN – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Klaten secara rutin melakukan pertemuan antar anggota. Pada pertengahan November 2011 pertemuan dilakukan di Hotel Perdana Raya, Jalan Pemuda, Klaten. Sekitar 20 anggota PHRI Klaten hadir dalam kegiatan ini. Selain hadir Ketua PHRI Klaten H Kawit Sutodimejo, juga hadir sebagai pembicara Sudirman dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Klaten.

Hotel Ken Dedes Jl. Raya Jogja Km 16,1 Delanggu Klaten Rumah Makan Pemancingan “ILHAM” Brajan, Tugu Batas Kota (Klaten Selatan) Telp (0272-3101117, 320183)

Hotel “ASRI” Tlogo, Prambanan Telp (0274-496941)

Hotel “AGUNG” Jln Ki Ageng Gringsing Telp (0272-322043)

Hotel “SURYA ANDESA” Penggung, Ceper Telp (0272-555102, 081804571750) Rumah Makan “Joglo” Jln. Pemuda No 75, Klaten

Hotel “MAWAR 1” Jln Candi Sewu , Prambanan Telp (0274-496707)

Rumah Makan & Catering “Djatayu” Jln Raya Jogjoa-Solo No 35, Prambanan Telp (0274) 4987550, 7490239

Hotel “MAWAR 2” Taji, Prambanan Telp (0274-498209)

Hotel “Merak Indah” Jln Halmahera, Klaten

Hotel “ MAWAR 3” Jln Candi Sewu, Prambanan Telp (0274-496942)

Catering “Cipta Rasa” Timbulrejo, Karanganom, Mudal, Klaten

Edisi 25 Desember 2011

11

Java Promo, Gencarkan Promosi Pariwisata 15 Kabupaten dan Kota Java promo menjadi media komunikasi dan di masing-masing kabupaten/kota. Khususkerjasama bidang pariwisata 15 kabupaten dan nya untuk mendatangkan wisatawan datang kota yang berada di wilayah Jawa Tengah dan bertandang. Dengan harapan, kedatangan DIY. Terhitung mulai bulan Maret-Desember para wisatawan bisa turut memberikan multi2011 ini, Java Promo bekerja sama dengan plier effect terhadap masyarakat setempat di Tabloid Info Wisata Jogja akan secara aktif masing-masing kabupaten/kota. mempromosikan berbagai destinasi pariwisata Promosi pariwisata ini menjadi satu di antara sekian banyak program yang dilaksanakan oleh menarik di 15 kabupaten dan kota yang menJava Promo bersama 15 anggotanya. Besar jadi anggotanya. Diantaranya meliputi Kota Yogyakarta, Sleman, Kulonprogo, Gunung Kidul, harapan, ke depan semakin banyak wilayah yang bergabung dengan Java Promo. Pasalnya Bantul, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, tidak bisa dipungkiri bahwa dengan pariwisata Semarang, Purworejo, Temanggung, Wonobersifat borderless. Tidak mengenal batas sobo, Boyolali, Karanganyar, Kebumen, dan geograÀ, sehingga diperlukan komunikasi serta Klaten. Semua informasi akan tersaji secara sinergi lintas intansi dan lintas wilayah. Hal ini bertahap dala setiap edisi yang ada di Tabloid pula yang akhirnya mendasari terbentuknya Info Wisata Jogja. Java Promo pada tanggal 29 Juni Informasi tentang destinasi wisata di berbateng -JaSalam. DIY2002. ten/kota di gai daerah ini, diharapkan a Promo bersama 15 kabupa Jav rsama bisa menjadi guidance mengembangkan promosi be tuk un en tm mi rko be bagi wisatawan, governrjasama dengan Dinas ment, corporate nasi wisata yang ada. Beke destimaupun banyak pembaca yang ingin g-masing kabupaten/kota. Se sin ma di ta isa riw Pa menambah wawasana yang luar biasa. Munya tentang wilayah dengan potensi wisat 15berbagai lang, Guobyek wisata menarik dan ranganyar, Jogja, Kota Mage Ka n, ma Sle ri da lai potensial yang ada. Mulai go, Kebumen, Bantul, dari obyeknu wisata kidul, Karanganyar, Kulonpro ngalam, heritage, religi, kerajinan, Purworejo, Wonosobo, anggung, Kota Magelang, Tem kuliner, wisata pendidikan, wisata minat khusus , dan Semarang. tendan Kla lain sebagainya. sendiri o, Eksplore Wisata di negeri Aytentunya Kerjasama ini diharapkan bisa turut mendorong perkembangan sektor pariwisata

Charm of Java Promo

ngah.

Te Ayo Berwisata ke DIY dan Jawa

Selo Boyolali, Tawarkan Pesona Alam Pegunungan Ingin menikmati pesona wisata alam pegunungan? Salah satunya sempatkan untuk memacu adrenalin Anda di Selo yang terletak di Kabupaten Boyolali berbatasan dengan Kabupaten Magelang, sekitar 20 km dari Kota Boyolali kea rah barat. Selain berhawa sejuk, juga menawarkan pesona wisata alam, budaya dan wisata agro bagi wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata. Tepat berada di Kecamatan Selo yang berada pada ketinggian 1.600-1800 meter di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata 17-20 derajat celcius. Obyek wisata alam yang menakjubkan ini diapit oleh dua gunung yakni Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Itulah sebabnya masyarakat Jawa menyebut kawasan ini dengan Selo dan bagi wisatawan yang punya hobi mendaki gunung, bisa menyalurkan hobinya dengan mendaki Gunung Merapi

atau Merbabu melalui Selo. Hmm, menyenangkan‌!! Rasakan sensasi atas pesona alam yang menakjubkan di Selo, Boyolali. Di tempat ini, para wisatawan bisa menikmati wisata petik sayur dan buah, home theatre new Selo, wall climbing, homestay, bungalow, serta cinderamata dan makanan khas. Selain obyek wisata tersebut, nikmati pula wisata alam lain di Boyolali. Diantaranya seperti pemandian Umbul Tlatar, Lapangan Woodball, dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali Jl Raya Boyolali-Solo Km 2, Boyolali Phone : 0276-321 150/Fax 0276 321 150 Email : disparbudkab.boyolali@yahoo. co.id

Indahnya Pulau Karang dan Pasir Putih Pantai Selatan Gunungkidul Untuk melihat indah dan cantiknya pantai pasir putih, tidak perlu jauh-jauh ke Bali. Pemandangan alam pantai nan indah tersebut bisa pula dinikmati di sepanjang kawasan selatan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak pantai dengan pusat Koa Yogyakarta yang lumayan jauh dengan jalan raya yang terjal, turut memacu adrenalin sepanjang perjalanan. Namun hal inipun seolah terbayar oleh keindahan dan pesona pantai-pantai yang ada di Gunungkidul. Belum lagi obyek wisata lain seperti desa wisata, gua, wisata karang purba Gunung Nglanggeran, dan lain sebagainya. Ya, banyak sekali pantai pasir putih di kawasan ini, lengkap dengan pesona pulau karang, batuan laut hingga biota laut yang cantik. Maklum, airnya yang masih jernih membuat mata kita pun leluasa menyaksikan cantik dan pesonanya. Masing-masing pantai pun menyajikan keindahan dan nuansa yang berbeda. Pantai Kukup misalnya, merupakan pantai pasir putih yang indah dan luas dengan aneka biota laut terutama ikan hias. Di sini juga terdaoat pulau karang kecil yang di atasnya terdapat gardu pandang untuk menikmati keindahan

lainnya. Selain pantai Kukup, bisa menikmati pemandangan 16 pantai lainnya di satu kawasan. Seperti Baron, Krakal, Sundak, Siung, Drini, Nguyahan, Ngobaran, Ngrenean, Ngungap, Wedi Ombo, Sadeng dan lain sebagainya. Ya, pantai menjadi salah satu potenso wisata alam potensial di Kab Gunungkidul. Terlebih dengan keberadaan pasir putih dan karang laut serta biota lautnya yang menjadikannya berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada. Tidak hanya pantainya yang menarik, Gunungkidul pun dikenal memiliki wisata alam lain yang tak kalah menarik, seperti gunung purba Nglanggeran, Goa Suci, Goa Greweng, ataupun beberapa goa di Pantai Wedi Ombo seperti Goa Bentis, Goa Ngusalan, Goa Lowo, dan lain sebagainya. Gunungkidul, memang menjadi surganya wisata goa dan pantai yang indah. Untuk Informasi lebih lanjut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Jl Brigjend Katamso No 10, Wonosari, Gunungkidul Phone : 0274 391 031 /Fax 0274 391 031

Sensasi dari Indahnya Air Terjun Grojogan Sewu, Karanganyar S Sat at atu llagi agi a ag gii wi g w ilay ayyah a ah d dii Jaw JJawa aw wa T Teng eng en eng gah ah yan yyang ya ang g Satu wilayah Tengah b ber bersol be ersol solek lekk unt untuk ntuk uk men me e un enunj unjjukk unjukk ukkan k an kk an ke kkeindahan kei keinda eiinda nd han nd ha h an w wi sat aa bersolek menunjukkan wisata ala l mnya Y a Ka K ranganyar d an ssalah alah l satu wi isata alamnya. Ya, Karanganyar dan wisata alam unggulan di tempat ini adalah air terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu, Karanganyar. Air terjun dengan ketinggian 81 meter, dan terletak 1100 meter di atas permukaan laut. Pemandangan yang indah, udara yang sejuk menjadikan tujuan utama untuk berakhir pekan bersama keluarga. Untuk masuk ke kawkasan wisata ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 6000. Loket pintu masuk ada 2 buah. Yang pertama terletak di atas, dan saat menyusuri jalan menuju kesana, Anda bisa melihat-lihat tanaman hias yang dijual di sisi jalan. Cantik dan menarik. Jika malas berjalan kaki, Anda pun bisa naik kuda. Bila Anda masuk melalui pinti ini, Anda harus menuruni tangga yang tersusun rapi dan beralas batu menuju air terjun. Di dalam kawasan ini terdapat monyet berekor panjang yang hidup bebas yang pastinya akan siap menyapa Anda. Grojogan Sewu sendiri berarti air terjun seribu. Pasalnya memang terdapat banyak air terjun, dari mulai yang paling tinggi dengan

kke ket et eting ing nggia ggi gia gia ian ssekitar ekkkiita eki e ttar arr 81 a 81 meter me terr, ssert erta er aa ir ter terjun jun ketinggian meter, serta air la lai a nnyya yyang an ang ng g le leb bih hp pe nd ndek d k . Set etela tela e ah p el uas lainnya lebih pendek. Setelah puas menikm k ati aitr aiitr terj jun A nda d dapat berkeliling menikmati terjun, Anda untuk menikmati sejuknya hutan wisata ini. Dengan luas 20 Ha, kawasan ini menyediakan fasilitas kolam renang untuk anak dan orang dewasa. Ada juga warung yang menjual makanan dengan harga yang terjangkau. Sisi lainnya adalah hutan pinus dan pohon-pohon lain yang umurnya sampai ratusan tahun. Jalan setapak yang rapi dan berbatu dapat membuat Anda semakin menikmati pemandangan indahnya. Sementara selain air terjun Grojogan Sewu, di kawasan Karanganyar juga terdapat air terjun Jumog dan Parangijo. Pesona alam lain yang tidak kalah menakjubkan adalah agrowisata Sondokoro, Kebun Teh Kemuning, dan lain sebagainya. Informasi lebih lanjut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar Kompleks Perkantoran Pemda cangaan, Karanganyar, Solo Phone : 0287 381 988/Fax 0287 381 423

Edisi 25 Desember 2011

12 Klaten, Surganya Obyek Wisata Pemandian dan Sendang Klaten, menjadi salah satu kota dengan potensi wisata alam yang cukup banyak. Khususnya berupa pemandian ataupun sendang. Tidak heran jika mengingat Klaten terkenal dengan sumber air alaminya, yakni mata air Cokro yang digunakan oleh perusahaan air minum untuk diolah menjadi air minum kemasan. Mata Air Cokro bahkan belakangan menjadi obyek wisata mata air yang cukup banyak diminati oleh wisatawan. Obyek Wisata Mata Air Cokro ( OMAC ) memiliki luas ± 15.000 m2 terbentang dipinggiran kali busur yang mengalir dari utara ke selatan, sehingga pengunjung yang akan memasuki obyek wisata ini harus meniti jembatan gantung yang justru merupa-

kan daya tarik sendiri dari obyek obyek wisata yang lain. OMAC dengan panorama alamnya yang sejuk dan indah, dan juga disini ada kolam renang,waterboom, warung warung untuk santai serta lahan untuk tempat peristirahatan yang teduh di bawah rindangnya pepohonan yang besar dan kicauan burung. Obyek wisata ini sangat ramai apabila menjelang bulan puasa tiba banyak pengunjung yang padusan di obyek ini dengan kepercayaan bahwa puasanya akan dapat lancer tanpa halangan suatu apapun harinya yaitu (H -2). Dari prasarana yang ada Obyek Wisata ini dapat dicapai melalui : - Klaten - Karanganom - Tulung - OMAC - Delanggu - Polanharjo - OMAC - Klaten - Jatinom - Tulung - OMAC - Banyudono - Boyolali - Tulung - OMAC Jarak ± 17km kearah utara dari kota Klaten Terletak Di Desa Cokro Kecamatan Tulung. Luas Kawasan 15.000 m2 Fungsi Sebagai tempat rekreasi, dan air dipergunakan untuk air minum Kraton Surakarta Hadiningrat atas prakarsa Paku Buwono ke X. Pemandian dan sendang yang cukup terkenal diantaranya adalah pemandian lumban tirto, pemandian jolotundo, Pemandian Ponggok, Umbul Tirto Mulyono dan Tirto Mulyani, Sendang Plampeyan, Sendang Gotan, Sendang Riyo Manggolo, Sendang Bulus Jimbung, Sendang Maerokoco, Sendang Tretes, Sendang Sinongko, dan lain sebagainya. Bagi yang menyukai adventure, bisa mengunjungi Gua Kendil, Gua Payung, Gunung Watu Prahu ataupun Gua Suran. Hmm, semakin banyak alternatif pilihan kan..??

Pesona Agrowisata Semarang Sensasi Kampung Kopi Banaran Semarang, di balik julukannya sebagai kota bisnis, menyimpan potensi wisata alam yang tidak kalah eloknya. Salah satunya adalah kampoeng kopi Banaran yang merupakan area perkebunan kopi milik PTP IX, persis di sebelah utara Rawa Pening. Selain pemandangannya yang indah, di tempat ini para wisatawan bisa menikmati tracking, berkuda, bersepeda serta outbond di alam terbuka. Di sisi kota Semarang lainnya, tepatnya di Sidomukti Kec Bawen, Anda pun bisa menikmati pemandangan alam kota Ungaran, Bawen, Ambarawa. Tepatnya di kawasan wisata Agro Sidomukti yang merupakan salah satu gerbang menuju puncak gunung Ungaran dan Gua Jepang dengan sendang Prigen sebagai tempat

wisata spiritualnya. Sementara bagi yang ingin menikmati wisata air terjun, pun ada di Semarang. Tepatnya air terjun Semirang yang terletak di Desa Gogik, lereng Gunung Ungaran dengan pemandangan menarik ke arah kota Ungaran. Di tempat inipun, Anda bisa menikmati suasana perkebunan pala dan kopi yang bisa ditemui di kanan dan kiri jalan. Untuk informasi lebih lanjut Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Semarang Jl Jenderal Ahmad Yani 53 A Ungaran, Semarang Phone : 024 869613/Fax 024 692424

Informasi Lebih Lanjut Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten Jl Sulawesi, No 37 Klaten Phone : 0272 328 055/Fax 0272 322 567

Wonosobo, Suguhkan Panorama Dieng Plateu Dieng terletak kurang lebih 116 km dari Yogyakarta Untuk bisa sampai ke Dataran Tinggi Dieng, Anda bisa mempergunakan mobil pribadi atau mobil sewaan langsung menuju ke Dieng dengan jarak tempuh kurang lebih 3,5 jam. Bagi Anda yang memilih transportasi umum, bus dan travel siap mengantar anda untuk mencapai Wonosobo. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan mikrobus tujuan Dieng selama kurang lebih 1 jam. Kawasan sejuk nan asri yang berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Dieng juga merupakan bagian dari sejarah arkeologi dengan bukti-bukti adanya situs ataupun candi Hindu di sekitarnya. Pegunungan Dieng juga dikenal sebagai daerah vulkanik, terbukti dari banyaknya kawah gunung berapi yang kini masih mengeluarkan gas belerang. Dari kejauhan, kawasan Dieng tampak seperti puncak gunung yang patah sehingga menyisakan dataran dengan banyak kawah. Itulah sebabnya Dieng dinamai Plateu yang berarti dataran di atas pegunungan. Beberapa candi yang bisa ditemui di kawasan ini antara lain candi Semar, Arjuna, Srikandi, Sembadra

dan Puntadewa. Selain candi, di kawasan tersebut juga terdapat telaga warna, telaga pengilon (telaga cermin), serta goa-goa kecil. Diantaranya seperti Gua Sumur dan Goa Jaran. Di dalam Goa Jaran terdapat air suci Tirta Perwitasari dan disinilah umat Hindu mengadakan upacara ritual muspe atau mubakti. Bagi wisatawan yang ingin mendapatkan informasi tentang peristiwa alam Dieng, sejak beberapa tahun lalu telah dibangun pula fasilitas Dieng Plateu Theatre. Wisata alam Wonosobo yang tidak lekang torehkan pesonanya adalah agro wisata Tambi. Berupa kebun the dengan fasilitas seperti pondok wisata, kolam pemancingan, lapangan tenis, taman bermain, kebun dan pabrik teh. Selain itu, di Wonosobo juga terdapat telaga Menjer, dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Jalan Kartini 2 Wonosobo Phone : 0286 321 194/ Fax :0286 321 194

Tamansari Water Castle, Komplek Taman Keluarga Kraton Kota Yogyakarta, memiliki potensi destinasi pariwisata yang cukup variatif, mulai dari kampung wisata, wisata edutainment melalui kehadiran Taman Pintar, Taman Sari Water Castle merupakan situs bekas taman atau kebun istana Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Di bangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9. Awalnya, taman yang mendapat sebutan “The Fragrant Garden” ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Kompleks Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat. Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah

Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan. Selain Tamansari Water Castle, Anda pun bisa mengunjungi wisata alam Kebun Binatang Gembira Loka. Kebun binatang ini memiliki ratusan jenis binatang, ratusan koleksi tanaman 9 Áora, 20 unit aquarium, ikan air tawar dan laut, taman rekreasi, panggung hiburan dan lain sebagainya. Informasi lebih lanjut Dinas pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Jalan Suroto 11 Yogyakarta Phone : 0274 588 025/Fax 0274 588025 Email : Pariwisata@Jogjakarta.go.id

Edisi 25 Desember 2011

13

Ayoo, Belanja Ikan di Pantai Pandansimo Baru Bantul..! Ingin menikmati suasana pantai yang teduh dan nyaman? Ayo, kunjungi Pantai Pandansimo Baru. Tepatnya di Dusun Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul. Keteduhan pohon akasia, serta kondisi pantai yang landai tentunya akan membuat para wisatawan merasa nyaman. Tidak hanya itu, Anda pun bisa mendapatkan ikan laut fresh yang merupakan hasil tangkapan dari nelayan. Ya, di Pandansimo Baru memang terdapat tempat pelelangan ikan (TPI). Berbagai hasil ikan laut seperti kakap, tengiri, teri, dan lain sebagainya bisa diperoleh di sini. Para pengunjung pantai pun bisa berekreasi menggunakan sepeda motor ATV yng ada di Pantai Pandansimo Baru. Menyibak kesejukan dan keteduhan pohon cemara udang yang ditanam sepanjang garis pantai dengan luas 15-20 hektar. Nikmati pula fasilitas kuliner dan kolam renang untuk

anak-anak dengan berbagai tingkatan usia. Praktis, tempat inipun sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga. Selain Pantai Pandansimo Baru, di wilayah Bantul pun ada berbagai macam obyek wisata pantai lainnya. Diantaranya seperti Goa Cemara, Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Pandansimo, Pantai Kuwaru dan lain sebagainya. Hmm, nikmati sensasi berwisata pantai di sepanjang kawasan Bantul Selatan tersebut. Untuk informasi lebih lanjut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul Jl Lingkar Timur, Bakulan, Bantul, Yogyakarta Phone : 0274 646 0222/Fax 0274 646 0222 Email : dinas.pariwisata@bantul.go.id

Ritual Makan Bersama di Desa Wisata Pendoworejo ADA sebuah ritual unik yang akan digelar pada Rabu 18 Januari 2012 mendatang. Ritual itu adalah Rebo Pungkasan-Kembul Sewu Sedulur. Tradisi ini merupakan acara tahunan yang biasa diadakan setiap “Sasi Sapar” pada hari “Rabu Pungkasan” oleh masyarakat sekitar Bendung Kayangan, Pendoworejo, Girimulyo, Kulon Progo. Dalam kegiatan ini setiap keluarga di sekitar Bendung Kayangan, Kulon Progo menyiapkan satu nampan tumpeng dan kudapan beraneka rasa lalu berWaduk sermo, obyek wisata alam yang satu berwisata ke Desa Wisata Nglinggo. Sejuk alam sama-sama berbagi dan memakannya di Kayangan. pegunungan dengan hamparan perkebunan ini memang cukup akrab di telinga. Ya, Waduk Berbagi makanan dari satu nampan, berbagi rejeki Sermo. Obyek wisata alam yang berlokasi teh bisa dinikmati. dan berkah. Mengucap sukur pada Yang di Atas dan Sempatkan pula singgah ke Pantai Glagah di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, atau menghormat leluhur di alam seberang. Ini adalah keIndah. Bagi Anda yang ingin menikmati sajian sekitar 36 kilometer arah barat Jogja. Pesona percayaan Warga sekitar Bendung Kayangan untuk alam yang ada di sekelilingnya, sayang untuk berbeda, Berkunjunglah ke Pantai Glagah Indah menjaga harmoni alam dengan kembul makan berdilewatkan dari pandangan mata. Jalan yang pada tanggal 27 Maret mendatang. Even mesama. Anda diundang untuk ikut membawa makanan berkelok-kelok dengan latar belakang hutan narik pun telah dipersiapkan. Diantaranya sendiri dan berbagi bersama warga Kayangan dan • Lomba menggambar dan mewarnai dan perbukitan yang hijau, pastinya menjadi pengunjung lain. Fashion Show dan modeling daya tarik tersendiri. Selain itu• keunikan dari upacara ini salah satunya Hmm, ingin mendapatkan sensasi yang ber• Lomba FotograÀ adalah disajikannya hidangan khas rakyat seperti nasi • Parade Band beda? Anda patut mencoba berkeliling Waduk liwet, ingkung ayam, dan sayur gudangan, juga terseSermo dengan menggunakan perahu motor. • Lomba Layang-layang, dll dia dua menu yang tidak bakal dijumpai di hari-hari Bagi yang ingin menikmati suasana Waduk Ser- yakni bothok lele dan panggang mas (telur cebiasa Informasi lanjut mo lebih lama, Anda pun bisa menyempatkan plok tanpa garam). Bothok Lelelebih dan Panggang Emas diri untuk menginap di homestay yang ada. Di Dinas Kebudayaan, Pemuda,ini. & adalah hidangan wajib dalamPariwisata, kenduri Saparan Olahraga Kabupaten Kulonprogo tempat ini tidak kurang ada 8 kamar homestay Dua jenis lauk tersebut tanpa dibumbui dengan gula Jl. Sugiman 12 Wates, yang disewakan. Tentu saja, dengan tarif yang maupun garam sehinggaNo. terasa tawar. Kulonprogo

Kulon Progo, Mengintip Keelokan Waduk Sermo

sangat murah serta suasana pedesaan yang nyaman. Menarik bukan? Selain Waduk Sermo, saat berkunjung ke Kulonprogo, Anda pun bisa

Phone : 0274 773095 Fax. : 0274 773095

Informasi lebih lanjut hubungi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo Jalan Sugiman No 12, Wates, 55611 Kulon Progo, Yogyakarta Telp/Fax (0274) 773095

Kebumen, Miliki Pula Pantai dan Goa nan Indah Kebumen, bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata alam Anda di Jawa Tengah. Di tempat ini memiliki banyak pantai serta goa yang indah. Sebut saja Goa Jatijajar dan Goa Petruk. Sementara untuk pantai, terdapat Pantai Ayah atau Pantai Logending, dan tidak ketinggalan adalah pemandangan yang tak biasa di waduk wadas lintang dan waduk sempor. Tabloid Info Wisata Jogja kali ini akan mengulas sedikit pesona dari Goa Petruk yang juga dikenal dengan sebutan Goa Andrakila. Goa Petruk terletak di Desa candi Renggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Berada di atas bukit kapur dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Goa petruk memiliki dua lowong dengan panjang masingmasing 2000 meter dan 664 meter. Bagi Anda yang suka adventure, untuk menyusuri tempat ini ada tiga tingkat dengan medan dari yang mudah sampai dengan relatif sulit. Pemandangan berupa stalagtit dan stalagmit pun akan memberikan sensasi yang berbeda.

Anda siap berpetualangan? Susuri wisata nan menegangkan yang tak jarang membawa cerita-cerita mistik di Goa Petruk, Kebumen. Untuk informasi lebih lanjut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen Jalan Pahlawan 36, Kebumen Phone : 0287 381 988/Fax 0287 381 423

Ketep Pass, Intip Pesona 5 Gunung dari Kabupaten Magelang Ketep Pass merupakan obyek wisata alam kegunungapian yang menjadi unggulan Kabupaten Magelang. Terletak pada ketingggian 2000 meter di atas permukaan laut. Luas area sekitar 8000 meter persegi. Dari Ketep Pass, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan. Terlebih jika bisa melihatnya dari gardu pandang. Di tempat ini terdapat 2 gardu pandang yang bisa dimanfaatkan untuk melihat betapa indahnya alam Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Wow menakjubkan..!! Hamparan lahan pertanian yang luas dan tentu saja sembari menikmati makanan dan minuman tradisional khas daerah setempat. Tidak hanya itu, pemandangan cantik lima gunung yakni Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Slamet. Selain kelima gunung tersebut, Anda pun bisa melihat gunung dan bukit kecil yang sangat indah. Antara lain Gunung Tidar, Gunung Andong, Gunung Pring, Bukit Menoreh, Bukit Telo Moyo dan lain sebagainya. Tidak ketinggalan adalah Ketep Vulkano Theatre yang memutar Àlm dokumenter aktivitas Gunung Merapi dengan kapasitas 78 tempat duduk. Bagi yang ingin melihat contoh batuan sebagai bukti sejarah letusan

demi letusan Gunung Merapi, juga bisa melihatnya di Ketep Vulkano Centre. Penasaran? Kunjungi Ketep Pass yang berada di Desa Ketep, Sawangan, Jalur Solo-Selo-Borobudur. . Saat Anda berwisata ke Kabupaten Magelang, tidak hanya obyek wisata alam Ketep Pass saja yang bisa dikunjungi. Akan tetapi juga air terjun Kedung Kayang, pemandian air hangat candi Umbul, taman anggrek, dan lain sebagainya. Informasi lebih lanjut Dinas pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Jl Letnan Tukiyat, Kota mungkid, Kabupaten Magelang Phone : 0293 788 352/ fax 0293 788 122 Email : disparbud@magelangkab.go.id Website : www.disparbud.magelang.go.id

Edisi 25 Desember 2011

14

MUSEUM OHD Kota Magelang Incaran Wisatawan Asing dan Kolektor Barang Seni

OHD MUSEUM merupakan museum pribadi milik Dr. Oei Hong Djien mempunyai koleksi lebih dar 1.000 karya seni, terdiri atas karya lukisan, patung indoor, out door, karya instalasi dan keramik. Berbagai macam karya seni rupa modern Indonesia terwakili. Mulai dari karya Affandi, S. Sudjojono, Srihadi, Sudarsono, Hendra Gunawan, Lee Man Fong, Ahmad Sadali, Widayat, Popo Iskandar, A.D Piorus sampai Nyoman Gunarsa. Disamping pula karya kontemporer seniman muda seperti karya kelompok Jendela, Nasirun, Dedy Paw dan Yuswantoro Adin. Tidak heran jika museum yang terletak di Jalan Diponegoro 74

Kota Magelang ini menjadi incaran wisatawan asing serta para kolektor barang seni. Museum OHD ini hanyalah satu di antara sekian banyak destinasi wisata unggulan di Kota Magelang. Diantaranya seperti Taman Kyai Langgeng, Arung Jeram Sungai Progo, Desa Buku (book village), dan lain sebagainya. Informasi lebih lanjut Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Magelang Jl Jend Sudirman No 54 Kota Magelang Phone : 0293 360 822/fax 0293 360 822

Obyek Wisata Kaliurang, Kembali Dilirik Wisatawan Obyek wisata Kaliurang, kembali bersolek. Pasca erupsi Merapi, kawasan ini kembali dilirik oleh para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Kawasan wisata dengan panorama alam yang indah dan berhawa sejuk di Gunung Merapi. Kurang lebih 25 kilometer arah utara Kota Yogyakarta. Didukung fasilitas camping ground, taman rekreasi anak, hutan wisata, telogo putri, dan tidak ketinggalan beragam makanan tradisional seperti jadah, wajik dan tempe yang menjadi andalannya. Satu hal yang semakin membuat wisatawan berminat untuk berkunjung adalah untuk melihat rekam jejak letusan Merapi. Tidak ketinggalan adalah wisata salak pondoh di Organik Trumpon Resort , desa wisata, museum gunung Merapi dan lain sebagainya. Informasi lebih lanjut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Jl KRT Pringgodiningrat 13, Beran, Tridadi, Sleman Phone 0274 869 613/Fax 0274 869613 www.tourismsleman.com

Goa Seplawan, nan Mempesona dan Menantang dari Purworejo Goa Seplawan, menjadi salah satu destinas wisata unggulan dari Kabupaten Purworejo. Terletak di Desa Donorejo, Kaligesing dengan jarak tempuh 20 km ke arah timur Pusat Kota. Berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, tidak heran jika suasana goa inipun sangat sejuk. Saat menyusuri goa ini, pemandangan berupa stalakmit dan stalaktit pun akan membuat adrenalin Anda berdesir. Belum lagi keberadaan Ă ow stone, helektit, soda straw, gouwer dam dan dinding-dindingnya yang berornamen seperti kerangka ikan. Keadaan sekitar goa ini sangat mengesankan dengan pemandangan alam yang begitu indah dengan Ă ora, antara lain lumut (di mulut goa), paku-pakuan, dan panorama hutan pinus yang asri. Para pengunjung juga dapat menikmati taman bunga di sekitar goa. Panjang Goa Seplawan sekitar 700 meter dengan cabang-cabang goa sekitar 150-300 meter dan berdiameter 15 meter. Goa alam yang sangat menakjubkan ini menjadi semakin terkenal dengan ditemukannya arca emas Dewa Syiwa dan Dewi Pawestri seberat 1,5 kg pada 28 Agustus 1979 yang sekarang benda ini disimpan di Museum Nasional Jakarta.Objek wisata ini merupakan potensi wisata yang sangat digemari wisatawan karena selain keindahan objeknya, juga beberapa fasilitas penunjang yang sudah tersedia, seperti listrik sebagai penerangan dalam goa, MCK, dan taman.

Selain itu, sekitar lokasi juga dilengkapi dengan gardu pandang.Melalui gardu pandang wisatawan bisa menikmati panorama dengan latar belakang Gunung Kelir, bahkan saat cuaca cerah Kota Yogyakarta terlihat jelas dari gardu ini. Tidak hanya Goa Seplawan saja yang menjadi destinasi unggulan di Purworejo. Destinasi lain yang tidak kalah menarik adalah Pantai Jatimalang, Informasi lebih lanjut Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi dan Pariwisata Kabupaten Purworejo Jalan gajah Mada Km 7 Purworejo Phone 0275 321 148/Fax 0275 321 148

Menengok Eksotisme Sunrise di Posong Temanggung Panorama matahari terbit (sunrise) di kawasan Posong, yang berada di lereng gunung Sumbing dan Sindoro memang berbeda. Tidak hanya eksotis, keberadaan watu kelirnya juga menghadirkan pesona tebing batu berwarna pelangi. Tidak heran jika panorama ini mengundang decak kagum dari wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Maka tidak salah jika dinas pariwisata setempat pun menjadikan sunrise Posong sebagai salah satu obyek wisata unggulan Kabupaten Temanggung. Komunitas pariwisata setempat pun telah membangun desanya menjadi tujuan wisata life in di lembah Gunung Sumbing dan Sindoro. Tinggal di rumah penduduk (homestay) dan menyantap makanan tradisional berupa nasi jagung dan kluban urap serta ikan asin pun bakal menghadirkan sensasi yang berbeda. Selain sunrise Posong, pengurus Desa Wisata ini juga menyuguhkan atraksi wisata

budaya desa yang alami dan menarik. Paket wisata dikemas dalam 5 sampai 7 hari kunjungan dan menginap di home stay. Atraksi itu misalnya tobacco walk, pentas Kuda Lumping, Tari Sekar Gadung, trekking gunung Sumbing, pentas Rebana, melihat pengajian / Yasinan, pasar tradisoional, out bond di Watu Ambal, atraksi Pencak Silat Padepokan Sosro Jumantoro dan proses pembuatan makanan khas Joglo Tahun. Ingin menikmati pesona alam lainnya. Ketika Anda berkunjung ke Temanggung, sempatkan pula mampir ke Goa Lawa, Goa wonotirto, Curug Lawe, serta Curuh Trocoh, dan lain sebagainya. Informasi lebih lanjut Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung Jl Jenderal Sudirman 23 Temanggung Phone : 0293 491 198/Fax 0293 491 198

Edisi 25 Desember 2011

THE HOUSE OF RAMINTEN Jln. FM Noto 7, Kotabaru Jogja Telp (0274) 586928, 547315

15 ADA suasana yang berbeda manakala Anda memasuki tempat satu ini. Kesannya: unik, nyantai dan romantis. Unik, karena cukup banyak pernik interior yang khas. Seperti kursi lesehan ala Jepang, juga terdapat tempat duduk ala panggung. Terdapat pula kereta kencana yang membuat suasana tempat makan dan minum ini

menjadi lain daripada yang lain. Aneka makanan dan minuman tersedia disini. Mulai dari makanan ringan hingga berta. Khasnya adalah Nasi Kucing “Raminten”. Mesti sekadar nasi kuning, namun penyajiannya bak hotel berbintang. Juga terdapat makanan tradisional serta aneka minuman jus yang khusus untuk

RATRI IMAGE Mirota Batik (Malioboro)

Jln. Kaliurang Km 16, Pakem Jogja Telp (0274) 897033, 897068 MASIH soal wisata kuliner. Di Jogja kini terdapat tempat untuk berwisata kuliner. Tempat ini adalah The Waroeng Of Raminten. Lokasi bersebelahan dengan pusat batik dan kerajinan Mirota Batik Pakem. Tempatnya nyaman. Dengan elemen interior yang unik dan tradisional, seperti kursi, meja serta elemen interior lainnya. Tempat satu ini menyajikan berbagai menu rumahan yang khas. Ada mie rebus Jawa, ada pula aneka ikan baik goreng maupun baker. Berbagai aneka minuman serta jus juga tersedia di tempat ini. Dengan area parkir yang luas, memberikan kenyamanan tersendiri baik bagi tamu yang berkendara roda empat maupun roda dua. Tempat ini juga memiliki nuansa alami. Di bagian belakang bangunan masih terbentang area persawahan yang masih alami. Sehingga tercipta sebuah nuansa hasil paduan antara makanan, bangunan serta alam lingkungan sekitar. (*)

ANDA ingin mengabadikan momen-momen penting dalam hidup Anda?, percayakan semuanya itu pada Ratri Image, sebuah tempat Photography-Graphic Design yang siap menghadirkan karya-karya foto yang tak hanya eksklusif, namun juga memiliki sentuhan seni yang tinggi. Di tempat ini Anda bisa mengabadikan berbagai event penting seperti ulang tahun, pernikahan, wisuda, foto keluarga, dan sebagainya. Dengan dukungan personil dan SDM yang handal, Ratri Image memberikan jaminan sebuah hasil yang memang menjadi keinginan Anda. Dengan peralatan digital yang modern, studio foto ini pun siap memberikan layanan untuk pemotretan di tempat (lokasi) dimana konsumen inginkan. Baik di rumah pribadi, obyek wisata maupun tempat-tempat lain. Di tempat ini juga tersedia berbagai kebutuhan foto seperti pigura (frame) unik, album, dsb.(*)

MIROTA BATIK PAKEM

THE HOUSE OF RAMINTEN 2 (OYOT GODONG)

Jln. Kaliurang Km 16, Pakem Jogja Telp (0274)897033, 897068

Mirota Batik, Jln. A Yani (Malioboro) Lantai 3

JIKA Anda tengah melakukan perjalanan menuju obyek wisata Kaliurang, maka Anda akan melewati tempat satu ini. Inilah sebuah pusat batik dan kerajinan “Mirota Batik Pakem”. Di tempat ini tersedia aneka kerajinan nusantara. Sehingga berbagai kerajinan khas provinsi lain di Indonesia tersedia di tempat ini. Begitupun batik. Baik batik untuk busana, maupun batik untuk berbagai kebutuhan rumah tangga. Di tempat yang asri satu ini juga terdapat area khusus (berada di depan) yang disediakan aneka minuman hangat, panas maupun dingin. Sehingga tempat satu ini bias memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung maupun juga bisa menjadi tempat untuk rehat mereka yang akan melakukan perjalanan menuju kawasan wisata Kaliurang. Beberapa fasilitas umum seperti WC, kamar mandi serta mushola juga tersedia, dan bisa dimanfaatkan siapa saja. Dengan bangunan yang unik, tempat satu ini selalu menjadi jujugan wisatawan, khususnya yang akan melakukan kunjungan ke Kaliurang. (*)

SAAT Anda tengah berbelanja batik maupun aneka kerajinan di Mirota Batik (Malioboro) cobalah Anda langsung menuju lantai 3. Disini Anda akan menemui sebuah tempat yang unik. Dengan interior yang ditata secara apik ala lesehan, tiap pengunjung pun akan bisa menikmati pemandangan Malioboro dari lantai 3. Andapun bisa menyaksikan hiruk-pikuk dan kesibukan Pasar Beringharjo dari tempat ini. Berbagai minuman dan makanan serta aneka roti dan cemilan tersedia disini. Dan semua akan tersaji secara cepat dan dengan harga yang terjangkau. Tempat satu ini memang dikonsep sebagai tempat untuk duduk-duduk, bersantai melepas lelah seusai berbelanja di Mirota Batik. Dengan lokasi yang berada di lantai 3, maka semilir angin akan memberikan keasyikan tersendiri bagi tiap pengunjung di tempat satu ini. Dan setiap Sabtu malam (mulai pukul 19.00) di tempat ini digelar event spektakuler yakni ”Cabaret Show”. (*)

Jln. A Yani (Malioboro) Jogja Telp (0274) 588524, 518127

TAK afdol rasanya jika Anda menikmati suasana Malioboro namun tidak berkunjung ke tempat satu ini. Inilah Mirota Batik. Sebuah tempat yang khusus menyediakan berbagai aneka batik dan aneka kerajinan. Suasana tempat satu ini ditata sedemikian rupa sehingga memberikan sebuah nuansa yang unik. Semua barang ditata secara apik

dsb. Alunan musik tradisional (gending) selalu mengalun di tempat ini. Beberapa layer televisi juga dipajang di sudut ruangan, sehingga pengunjung pun tetap bisa mengikuti berbagai acara televisi kesukaannya, sembari lesehan, dan dalam suasana yang santai. (*)

THE WAROENG OF RAMINTEN

Lantai 3 (luar) Telp (0274) 552455

MIROTA BATIK

kesehatan. Bagi yang suka minuman jamu, juga terdapat beberapa pilihan jamu di tempat ini. Maka tak heran, tempat satu ini selalu menjadi jujugan, tak hanya anak-anak, remaja saja, namun orang dewasa. Banyak pula yang memanfaatkan sebagai tempat untuk menggelar berbagai acara, seperti ultah, arisan, syukuran,

dan mempermudah konsumen dalam memilih memilih. Alunan gending dan tembang-tembang jawa selalu terdengar dalam ruangan ini. Masih ada pula musik tradisional yakni siteran. Aneka kerajinan disini mulai dari untuk pelengkap interior rumah, cindera mata maupun kerajinan untuk outdoor. Sedangkan berbagai kebutuhan batik, tersedia untuk kemeja

pria, busana wanita hingga anakanak anak. Terdapat pula aneka kerajinan kuno (asli), seperti telepon antik, radio kuno hingga keris. Juga terdapat oblong (kaos khas Mirota Batik). Manajemen Mirota Batik memang mengusung konsep tempat satu ini sebagai “pasar” nya kerajinan dan batik. Sehingga apapun jenisnya ada disini. Konsumen

pun akan merasa termanjakan dengan suasana yang ada. Meski Anda hanya sekadar jalanjalan, tanpa harus berbelanja, semua karyawan Mirota Batik tetap akan memberikan layanan yang terbaik. Dengan senyuman dan dengan keramahan. (*)

A New Sensation in Kaliurang

16

Edisi 25 Desember 2011

HOTEL SHAFIRA

Ciptakan Kenyamanan Setiap Tamu MESKI sebagai hotel berklasifikasi melati, namun Hotel Shafira yang berlokasi di Jalan Letjend Suprapto No 127 A Jogja ini tetap memberikan atmosfer yang nyaman dan tenang kepada setiap tamunya. “Kami ingin setiap tamu merasa nyaman, tenang dan happy selama menginap di hotel kami ini,” terang pemilik Hotel Shafira, H Zarkasi kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG. Dengan lokasi yang strategis hotel ini tak hanya dipilih secara individu, namun juga keluarga. “Bahkan tur-tur dari sekolah atau instansi juga banyak yang menginap disini,” jelasnya. Bagi Zarkasi, kepuasan tamu menjadi prioritas utama. “Tamu akan kami layani sebaik mungkin. Maka pelayanan, kebersihan dan fasilitas hotel menjadi aspek yang kami kedepankan,” terang mantan Dosen di Universitas Jend Soedirman (Purwokerto) ini. Tersedia beberapa tipe kamar seperti standar, superior hingga family room. Fasilitas antara lain AC, breakfast, hot water, TV, dsb. (Herlambang JL) O O

44 Rooms & 4 Villas Meeting Room & Hall

O O

Pranajiwa Health Club Karaoke Room

O O

Restaurant Intan Pranawa Library

   

Jl. Boyong 99, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta Phone (0274) 4464401, 4464402, Fax (0274) 4464403 e-mail: info@griyapersada-hotel.com, www.griyapersada-hotel.com

HAWAIAAN PARTY EVE’ OLD & NEW RAYAKAN malam pergantian tahun hanya di The Grand Palace Hotel Jogjakarta. Bersama teman dekat, ataupun keluarga, Anda akan merasakan kemeriahan malam pergantian tahun di hotel ini. Sebuah tema yang diusung oleh The Grand Palace Hotel Jogjakarta adalah “ Hawaiaan Party Eve’ Old & New” yang akan mulai digelar 31 Desember 2011, mulai pukul 19.00 – 24.00. Malam itu semua tamu akan menikmati pula gala dinner, supper, aneka door price, hiburan

band serta pesta kembang api. Harga Tiket: Rp 150.000-Nett. Reservation : The Grand Palace Hotel Jogjakarta Email : info@thegrandpalacehoteljogja.com www.thegrandpalacehoteljogja.com Telp. 0274-372388, Fax 0274-417613 Contact Person : Titi, Sari, Nova

SELAMAT NATAL DAN TAHUN BARU 2012

Edisi 25 Desember 2011

17

Berpetualangan di Kebun Buah Mangunan MENAPAKI bukit, membelah hutan, bercengkrama dengan fauna, dan merasakan denyut aktivitas penduduk setempat adalah tema besar perjalanan menyenangkan di kebun buah Mangunan. Terletak di Dusun Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Berjarak 15 km dari kota Bantul atau 35 km dari kota Jogja. Kebun buah dengan luas sekitar 23 ha ini dibangun diatas perbukitan dengan ketinggian sekitar 400 m diatas permukaan laut. Cukup mudah untuk menuju ke tempat ini, pengunjung bisa melalui jalan Imogiri menuju ke arah makam raja-raja Imogiri. Sebelum sampai di komplek makam, ada papan petunjuk besar yang mengarahkan pengunjung menapaki bukit demi bukit. Perjalanan dengan jalan beraspal halus yang berkelok-kelok naik turun mampu memanjakan mata pengunjung dengan pemandangan alam eksotis. Agrowisata hijau ini ditumbuhi ribuan pohon buah-buahan antara lain pohon jeruk keprok, rambutan, durian, mangga, jambu air, sawo, duku,

manggis, matoa, kelengkeng, dan cempedak. Pengunjung bisa memetik sendiri buah-buahan yang masih menggelantung natural dipohonnya dan langsung mengkonsumsinya tanpa dipungut biaya sepeserpun. Namun bila tertarik ingin membawa pulang buah-buahan yang dipetik langsung dari pohonnya, pengunjung akan dikenakan biaya sesusai harga pasar. Pengunjung juga bisa mencoba beberapa fasilitas seperti permainan flying fox, kolam renang anak, sepeda air, dan beberapa arena permainan anak. Juga tersedia gedung pertemuan, aula, area outbond, area camping, dan homestay. Bagi yang suka berpetualang bisa mencoba jalur tracking dan downhill yang cukup menantang. Satu hal yang tak boleh dilewatkan selama menjelajah kawasan ini yaitu Bukit Indah Mangunan. Banyak papan petunjuk yang akan mengarahkan pengunjung menyusuri jalur yang sudah dipersiapkan ditengah kebun buah hingga sampai di atas bukit. (Nuryan Setyadi)

KINI saatnya Anda berwisata belanja di Jogja. Sebab mulai 15 Desember 2011 hingga Maret 2012 semua toko di kawasan Malioboro dan Pasar Bringharjo akan memberikan diskon hingga 70 persen. Luar biasa!. Pesta diskon ini dikemas dalam tajuk JOGJA GREAT SALE. Program ini digelar dalam rangkaian menyongsong libur Natal dan Tahun Baru. Dan tentu saja event ini juga untuk memberikan daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja pada musim liburan akhir tahun. Tak hanya potongan harga yang bakal Anda terima, namun bagi mereka yang berbelanja Rp 50.000 atau kelipatannya akan memperoleh sebuah kupon yang nantinya akan diundi memperebutkan hadiah menarik seperti sepeda motor, televisi, kulkas, dsb. Nah, tunggu apa lagi. Segera saja puaskan belanja Anda bersama teman dekat atau keluarga, hanya di Jogja. Dapati berbagai potongan harga yang menarik di semua toko di Malioboro dan Pasar Bringharjo. Selamat berbelanja! (Herlambang JL)

EVENT JOGJA GREAT SALE Digelar

Pesta Diskon di Malioboro

Edisi 25 Desember 2011

18 HOTEL BRONGTO

Paduan Arsitektur Unik, Keasrian dan Kenyamanan INILAH satu-satunya hotel di Jogja yang memiliki gaya arsitektur unik, kental dengan sentuhan gaya Keraton Yogyakarta. Itulah Hotel Brongto yang berlokasi di Jalan Suryadiningratan No 26 Jogja. Bangunannya yang khas itu memang tak lepas dari historisnya yang awalnya berasal dari sebuah rumah kuno milik seorang bangsawan. Hotel Brongto dibangun di atas tanah seluas sekitar 2 hektar. Lokasi ini dulunya merupakan lingkungan tempat tinggal bangsawan-bangsawan Keraton Yogyakarta, sehingga nuansa budaya Jawa-nya sangat kental. Arsitektur bangunan Hotel Brongto tetap mempertahankan bentuk aslinya, yaitu sebuah rumah kuno milik seorang Bangsawan Brongtodiningratan. Regol (pintu masuk) yang berukuran besar dan berwarna hijau tua merupakan warna khas keraton Yogyakarta. Hotel Brongto juga memiliki Pendopo besar berbentuk Joglo yang sampai sekarang masih mempertahankan bentuk aslinya.

“Pendopo ini bisa dipergunakan untuk berbagai event. Termasuk untuk pesta pernikahan,” jelas General Manager Budi M Arifin kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG. Kamar-kamarnya juga ada yang berbentuk bungalow dengan taman yang asri. Jadi benar-benar memberikan kenyamanan bagai di rumah sendiri. “Makanya hotel kami ini banyak disukai oleh wisatawan dari negara-negara Eropa, terutama Belanda dan Jerman,”lanjut Budi. Fasilitas lain adalah kolam renang (2 ukuran), restoran serta beberapa ruang pertemuan. Kelebihan lain dari Hotel Brongto adalah area parkir yang sangat luas dan aman. Mampu menampung bus-bus besar. Hotel Brongto benar-benar pilihan yang tepat untuk Anda menginap di Jogja. “Kami akan memberikan yang terbaik untuk semua tamu,” tegas Budi. (Herlambang JL)

TIP S

Hotel Brongto Jln Suryodiningratan No 26 JOGJA Telp (0274) 382602, 371038 Fax (0274) 387022 e-mail : info@hotel-brongto.com

Bikin Paspor Tanpa Ribet Wisata Saat Musim Dingin

TAK ada salahnya, sekali-sekali kita nikmati momen musim dingin saat berwisata di manca negara. Tentu akan menjadi momen yang langka dan penuh kenangan, maklum kita kan hidup di negara tropis. Bermain salju?, betapa mengasyikannya. Untuk itu beberapa hal memang harus dipersiapkan, sebelum kita terbang menuju ke sebuah negara dikala musim dingin.

-

-

-

MAU ke luar negeri, sudah pasti harus memiliki paspor. Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara. Paspor ini diperlukan untuk melewati batas suatu negara dalam perjalanan internasional. Namun persoalannya kerap waktunya mepet dengan tanggal keberangkatan. Nah, di bawah ini, seperti ditulis dalam Kompas.Com ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan untuk membuat paspor. 1.

2. Pemimpin Redaksi INFO WISATA JOGJA & JATENG, Herlambang JL berkunjung ke China persis saat musim dingin. Suhu hingga di bawah 0 derajat C.

Cari informasi mengenai kondisi suhu di negara yang akan Anda kunjungi. Berapa derajat suhu terendah dan suhu terhangat saat musim dingin. Persiapkan baju hangat dan perlengkapan untuk mengurangi hawa dingin. Pilih jaket atau mantel yang tidak mudah menyerap air, supaya tubuh Anda tetap hangat. Jika perlu, kenakan beberapa lapis pakaian di balik jaket atau mantel. Tak hanya badan, tapi telinga, tangan, leher, dan kaki juga harus selalu terlindungi karena sangat peka terhadap udara dingin. Siapkan syal, penutup kepala, sarung tangan serta kaus kaki. Gunakanlah alas kaki yang sesuai.

-

Anda bisa memilih menggunakan sepatu model boot yang cocok untuk berjalan saat musim dingin. Selain itu, sepatu boot juga dapat menghangatkan kaki anda. Jika memungkinkan bawa sepatu lebih dari 1 pasang. Persiapkan obat-obatan, terutama jika Anda adalah tipe orang yang sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Sebaiknya, jika Anda memiliki alergi terhadap suhu dingin, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum berangkat. Siapkan juga pelembab bibir untuk mengantisipasi bibir kering karena suhu udara dingin. (Herlambang JL)

3.

4.

5.

6.

Persiapkan dokumen yang harus dibawa ke kantor imigrasi (KTP, akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah terakhir, dan akte nikah bagi yang sudah menikah). Surat rekomendasi tertulis dari atasan bagi mereka yang bekerja sebagai PNS, TNI dan POLRI, karyawan BUMN atau swasta. Anda harus datang ke kantor Imigrasi untuk as. mengisi formulir dan melengkapi berkas. un Formulir ini bisa diisi secara online maupun pat langsung di kantor imigrasi. Formulir dapat dibeli di koperasi kantor imigrasi. uk Anda harus menunggu beberapa saat untuk an memproses dokumen tadi. Nama Anda akan an. dipanggil dan berkas asli akan dikembalikan. au Selanjutnya, Anda akan menerima struk atau ali slip pemberitahuan tanggal untuk kembali ke kantor Imigrasi. Biasanya Anda akan disuruh datang kembali setelah 7 hingga 10 hari. uk Anda kembali lagi ke kantor imigrasi untuk ah melakukan pembayaran paspor. Setelah eri melakukan pembayaran Anda akan diberi to, nomor antrean untuk dipanggil untuk foto, ra. melakukan pindai sidik jari, dan wawancara. an Dalam proses wawancara ini akan ditanyakan sai alasan keperluan paspor ini dibuat. Selesai adi wawancara, struk pembayaran akan menjadi bukti pengambilan paspor setelah selesai. eh Pada hari yang ditentukan Anda boleh an mengambil paspor yang sudah jadi dengan

7.

8.

menunjukkan bukti pembayaran. Setelah Anda mendapatkan paspor, Anda akan diminta untuk memfotokopi paspor tersebut. Fotokopi dari paspor itu harus diserahkan lagi kepada petugas imigrasi. Hindari memakai jasa calo. Jika Anda mau bersabar untuk membuat paspor, prosedurnya akan lebih mudah. (Herlambang JL)

Edisi 25 Desember 2011

19 SADAR LINGKUNGAN - Saat berkunjung ke obyek wisata di tanah air, sering kita jumpai pemadangan yang khas, yaitu sampah dan coretan tangan. Sampai saat ini kebiasaan buruk para wisatawan itu belum juga hilang. Wisatawan mestinya sadar, apa yang mereka lakukan akan merusak kondisi alam dan keindahannya. Sebagaimana semboyan para pencinta alam di seluruh dunia yang dilantunkan John Kay dengan “Steppenwolf”-nya yakni “Jangan mengambil apapun kecuali gambar, Jangan meninggalkan apa-apa kecuali jejak kaki, Jangan membunuh apa pun kecuali waktu”. Maka tepat apa yang dilakukan mahasiswa STP AMPTA Jogja melalui papan kampanye Sadar Lingkungan di Kaliurang (tampak pada gambar di atas). Papan itu masih utuh ketika erupsi Merapi tahun 2010 lalu.

Patung Buddha Empat

NU JE SA LAJ NT A H Muka ARA

INILAH salah satu wisata religi yang berada di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran,Surabaya. Patung Budha ini merupakan salah satu maha karya manusia yang mengesankan. Saat malam hari patung ini terlihat sangat indah. Dibangun di atas tanah seluas 1,5 hektar. Keempat muka melambangkan empat sifat Buddha, yaitu kasih sayang, murah hati, adil dan meditasi. Patung Buddha Empat Muka merupakan tempat yang Anda tidak boleh lewatkan jika anda berkunjung ke Surabaya.

Agenda Wisata Desember 2011 MUSIM liburan akhir tahun telah tiba. Tentu saja Anda bersama teman dekat, sahabat atau keluarga ingin mengisi saat-saat liburan itu dengan berbagai acara yang menarik. Untuk membantu Anda, berikut kami informasikan beberapa agenda yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda di saat musim liburan Desember ini. 20-31 Desember : Sendratari Ramayana di Candi Prambanan 20-31 Desember : Sendratari Ramayanan di Purawisata 26 Desember : Jazz Bensenin di Bentara Budaya 19-27 Desember : Pameran Seni Rupa “Basic of Art” (koleksi Oei Hong Djien) di Bentara Budaya 22 Desember : Sedekah Laut Minabahari 45 di Pendopo Pantai Depok (Bantul) 22 Desember : Kirab Budaya Imogiri di Imogiri (Bantul) 23 Desember : Festival Karawitan Ibu-Ibu di Pendopo Tamansiswa 25 Desember : Upacara Nguras Enceh (Nguras Kong) di Komplek Makam Raja-Raja Mataram (Imogiri) 25 Desember : Pentas Musik di Tlogo Putri Kaliurang 26 Desember2 Januari 2012 : Harga Expo, pameran, festival band, pentas seni wayang kulit di balai Desa Hargobinangun 26 Desember : Upacara adat di Gunung Lanang, Ruwatan Massal, Wayang Kulit di Pantai Congot 27 Desember : Labuhan di Pantai Congot 30 Desember : Konser Musik “Wednerock” (menampilkan KOTAK dan Endank Sukamti) di Stadion Kridosono. 31 Desember : Pentas Klangenan akhir tahun 2011 di Monumen SO 1 Maret, Benteng Vredeburg, Jogja 31 Desember : Pesta Kembang Api di Glagah (Herlambang JL)

Pantai Senggigi DAERAH Senggigi bisa dikatakan sebagai pusat pariwisata di pulau Lombok. Senggigi terletak di sebelah barat Lombok. Senggigi memiliki pemandangan pantai yan indah dengan pasirnya yang mirip dengan keadaan di pantai Kuta Bali, terumbu karang yang masih sehat dan indah cocok untuk menikmati wisata snorkeling dan pemandangan sunset yang sangat indah. Selain pantainya yang indah, daya tarik lain yang terletak di tempat ini ialah sebuah objek wisata yang disebut “Batu Bolong”. Berjarak sekitar 2 Km dari pantai Senggigi atau sekitar setengah jam berjalan kaki, di tempat ini terdapat sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. (Herlambang JL)

Gabusan Art Trade Center ESTABLISHED in 2004, Gabusan Art Center is aimed to be one of a trading center of artworks and handicrafts made in Bantul. It’s strategic location, that is at the 9,5 km of Parangtritis Street or around 10 km to south from center Yogyakarta (15 minutes by car), has made easily accessed using either public/personal vehicles. Offering a brilliant multifunction concept as an international place for a family picnic.

Gabusan Art Center has a total 4,5 acres of width around 400 artisans in place devided into 16 halls, with each having ungue theme, such as hall of leather handicraft, terracotta, wood metal, bamboo, etc. For visitors who are interested in finding a particular products, buying it, or just to know more of its process of production and details of products or the artist, an information centre is readily available to serve your need. (*)

Edisi 25 Desember 2011

20

Bandara Baru, Harapan Baru Oleh: Teguh Suripto SE JOGJA sedang menanti hadirnya bandara baru, menggantikan bandara udara Adi Sucipto. Penantian ini semakin berarti karena menyandang predikat kota Pariwisata, Jogja sangat memerlukan bandara udara yang representativ sebagai infrastruktur yang menunjang keberhasilan Pariwisata. Menyikapi pembangunan bandara udara baru ini, pemerintah selain telah mempersiapkan lokasi baru, juga diharapkan mempersiapkan strategi pengembangan pariwisata yang baik. Sehingga keberadaan bandara yang baru nanti mampu mengatasi beberapa permasalahan di bidang pariwisata yang ada. Beberapa permasalahan pariwisata di Jogja saat ini adalah: pertama, selama ini pariwisata di Jogja banyak didominasi oleh wisatawan nusantara, wisatawan asing belum banyak terlihat berkunjung ke obyek – obyek wisata di Jogja. Kedua length of stay (lama tinggal) wisatawan asing belum terlihat baik, wisatawan asing banyak menjadikan Yogyakarta sebagai kota transit untuk menuju ke pulau Bali, atau sebaliknya wisatawan asing banyak menginap di pulau Bali. Ketiga banyak obyek wisata yang kurang terpelihara dengan baik, sebagai contoh pantai parangtritis, pantai ini memberikan retribusi masuk yang besar, akan tetapi pemeliharaan terhadap pantai ini sangat buruk, sehingga gumuk pasir sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan asing telah banyak yang menghilang. Keempat, Gunung kidul yang memiliki banyak pantai eksotik belum dilengkapi dengan sara akomodasi per-

hotelan yang bertaraf internasional, sehingga wisatawan asing tidak banyak berkunjung ke sana. Kelima, permasalahan infrastruktur Bandara Internasional Adi Sucipto yang kurang nyaman, sehingga wisatawan yang datang mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan. Banyaknya persoalan bidang pariwisata ini, memberikan gambaran kepada kita bahwa pemerintah memerlukan grand strategy untuk membangun kawasan wisatanya, agar Jogja mampu menjadi “Bali” kedua bagi Indonesia. Strategi pembangunan kawasan wisata ini dapat dimulai dengan adanya pembangun bandara baru di Jogja. Perencanaan pembangunan bandara udara ini, kita dapat menyimak dari apa yang telah dilakukan oleh Malaysia. Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) disiapkan dengan matang, mereka telah mempersiapkan 10.000 hektar untuk pengembangan ke depan. Saat beroperasi Juni 1998 KLIA disiapkan untuk 25 juta penumpang per tahun, namun delapan tahun kemudian kapasitasnya ditambah dengan membangun Kuala Lumpur Low Cost Carrier Terminal. Pembangunan bandara ini menghabiskan dana sebesar 3,8 miliar ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 11,4 triliun. Luas KLIA 2 total menjadi 257.000 meter persegi, dengan desain yang modern yaitu ada landasan

pacu ketiga, terminal control baru, jembatan antar terminal di mana pesawat dapat melintas dibawahnya (aerobridges). Konsep ini menarik minat Air Asia sebagai maskapai berkonsep Low Cost Carrier untuk menjadikan KLIA sebagai markas besarnya untuk wilayah asia. Alhasil Malaysia pun terbang “lebih tinggi” diantara Negara asia lainnya. Konsep ini dapat kita jadikan landasan berpikir dalam membangun bandara baru di Jogja, sehingga kita mampu memiliki bandara yang lebih baik dari mereka. Selain konsep lokasi, desain bandara hendaknya mengadopsi budaya lokal, misalnya bangunan bandara dapat di desain dengan konsep Joglo sebagai identitas rumah adat Jogja, selain itu desain interior bermotifkan batik, sebagai lambang budaya asli Indonesia yang telah diakui oleh dunia melalui WHO. Dengan konsep budaya lokal tersebut akan memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Bandara Internasional bernuansa budaya lokal. Disamping itu pembangunan Bandara baru ini mampu memberdayakan masyarakat lokal, penduduk asli disekitar lokasi bandara memperoleh manfaat yang luas dari keberadaan bandara, bukan justru menjadi tersingkir. Bandara udara itu nantinya diharapkan dapat menciptakan kota baru di

wilayah Jogja. Konsep ini sangat baik akan tetapi keberadaan masyarakat local jangan sampai terpinggirkan. Salah satu yang dapat dilakukan adalah mempertahankan desa – desa sekitar bandara sesuai aslinya, pemerintah daerah hendaknya berani membuat kebijakan yang melindungi keberadaan desa – desa sekitar bandara misalnya penerapan pembatasan pembangunan wilayah untuk para pengembang. Pengembang diberikan batasan wilayah tertentu yang dapat dijadikan lokasi pengembangan perumahan baru. Dengan konsep ini desa – desa yang asli dan asri akan tetap terjaga dan dapat dikembangkan menjadi desa wisata yang menarik. Keberhasilan konsep strategi pembangunan bandara udara di wilayah Jogja untuk dilaksanakan tentu akan sangat bergantung pada beberapa aspek yang mempengaruhinya, beberapa aspek antara lain : (Wit, Meyer, 2004) : Direction (pengawasan),Commitment (tanggung jawab), Coordination (koordinasi), Optimization (sikap optimis) serta Programming (perencanaan). Oleh karena itu, pembangunan bandara udara yang baru di wilayah Jogja, tidak hanya dapat terwujud secara fisik saja, akan tetapi perlu di rancang strategi pengembangannya, sehingga terwujud bandara udara yang mampu menjawab persoalan pariwisata Jogja. Akhirnya segenap masyarakat Yogyakarta menunggu bandara baru dengan harapan baru. Go International. (Penulis adalah Dosen STP AMPTA / Sekretaris Jurusan Perhotelan)

Promosi Bersama, Tanggalkan Ego Sektoral OPTIMALISASI promosi pariwisata Jogja hanya bisa dilakukan dengan sinergitas dari seluruh stakeholder pariwisata yang ada. Jogja memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Ide-ide kreatif dalam mengemas pariwisata pun selalu bermunculan. Jika hal itu diiringi dengan komitmen bersama mendorong perkembangan pariwisata Jogja, tentunya menjadi sebuah formula yang sangat menarik. Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) Artin Wuriyani kepada Tabloid INFO WISATA JOGJA & JATENG. “Realitanya kita tidak bisa sendiri-sendiri, pasti saling membutuhkan. Oleh karenanya, kuncinya memang menanggalkan ego sektoral dan duduk bersama demi Jogja. Tidak ada yang paling baik, karena semuanya saling membutuhkan dan seling mengisi,” paparnya. Dari sisi BP2KY, langkah yang coba dilakukan adalah dengan tidak mengkotak-kotakkan Jogja ketika berpromosi. “Ketika berpromosi, BP2KY pun mencoba untuk tidak mengkotak-kotakkan Jogja. Tidak sekadar bicara per kabupaten/kota, tapi kami me-

nyebutkan dengan Jogja bagian tengah, Jogja bagian selatan, timur, barat, dan utara. Ini adalah bagian dari strategi kita, untuk hanya membawa nama Jogja dalam berpromosi,’ tutur Artin Wuriyani. Salah satu mimpi yang coba diwujudkan oleh BP2KY adalah optimalisasi peran website dalam promosi yang terintegrasi. “Kita memiliki www.jogjatogo.com. Bagaimana dari website tersebut, bisa didukung oleh link-link dari stakeholder lainnya Kita sekarang sedang menjajagi kerjasama dengan Barahmus (badan musyawarah museum). Demikian juga dengan kerajinan, oleh-oleh, pendidikan, dan lain sebagainya. Kita sedang mengusahakan untuk itu,” imbuhnya. Lebih lanjut ia katakana, dalam promosi ke luar daerah ataupun luar negeri pun mestinya terdapat komunikasi dan sinergi yang baik. “Daerah, negara ataupun kegiatan promosi yang digelar pun bisa saling dikomunikasikan. Jika memang bisa bersinergi dan promosi bersama, kenapa tidak. Tapi ketika sudah menjadi program dari salah satu stakeholder, ya bidik program lainnya. Itulah gunanya komunikasi, saling mengisi dengan satu tujuan yakni mempromosikan Jogja secara lebih luas. Efektif, efisien. Low budget, high impact,” tegas Artin. (Sri Astuti)

Perintis Hafidh Asrom, Herlambang Jati L Pelindung GBPH Prabukusumo, Hafidh Asrom, Tazbir, Hamzah HS, Nur Achmad Affandi, Hilman Hakim Pemimpin Redaksi Herlambang Jati L, Yuliantoro (staf) Menejer Iklan dan Kerjasama Sri Astuti Sirkulasi Sani Eko Purnomo Sekretariat Redaksi Suhaelan Z Wafa Disain Grafis Abu Jihad

Edisi 25 DESEMBER 2011

Diterbitkan oleh Alamat Redaksi dan Iklan Telepon E-mail

: CV. CIPTA MEDIA : Jln Pandegarini 12 Jogja : (0274) 880049, 885626 Fax : (0274) 885551 : infowisatajogja@yahoo.com herlambangjl@yahoo.com

DISTRIBUSI Tabloid INFO WISATA JOGJA & JATENG : Purworejo, Kebumen, Klaten, Semarang, Temanggung, Boyolali, Wonosobo, Karanganyar, Bantul, Kota Yogyakarta, Sleman, Gunungkidul, Kulon Progo, Lombok, Balikpapan

Tarif Iklan Promo Spesial ( 2 kol x 100 mm) hitam putih/BW Rp 250.000. Iklan Kolektif (hitam putih/ BW): Ukuran 1,5 kol x 50 mm Rp 100.000, colour/warna Rp 150.000. Tarif Promo Hotel dan Restoran Rp 50.000/tayang (Paket 1 Tahun Rp 500.000). Iklan Display (hitam putih/BW): Ukuran 1/4 halaman Rp 750.000, 1/2 halaman Rp 1.250.000, 1 halaman Rp 2.250.000. Iklan Display colour/warna: Ukuran 1/4 halaman Rp 1.500.000, 1/2 halaman Rp 2.500.000, 1 halaman Rp 4.000.000. Pariwara/ad-vertorial hitam putih/BW: Ukuran 1/4 halaman Rp 650.000, 1/2 halaman Rp 1.200.000, 1 halaman Rp 2.250.000. Pariwara/advertorial warna/colour: Ukuran 1/4 halaman Rp 1.000.000, 1/2 halaman Rp 1.750.000, 1 halaman Rp 3.250.000. Banner (halaman 1 : 5 kol x 100 mm) Rp 2.000.000 (colour), paket 6 bulan Rp 10.000.000. KONTAK IKLAN : Sri Astuti (087839843559, 081328306767), (085729965554), Dicetak Oleh Spadan Adv. 0274 378052

Edisi 25 Desember 2011

21 Nyaman Perjalanan Bersama PO BIMO

PENGHARGAAN - Sheraton Mustika Yogyakarta Resort &Spa mendapatkan penghargaan sebagai Indonesia Leading Airport Hotel dalam Indonesia Travel Tourism Awards 2011/12. Penghargaan Indonesia Leading Airport Hotel 2011/12 ini diberikan kepada hotel yang terletak dekat dan berada dalam radius 5 km dari bandar udara dan menyediakan sarana transportasi antar jemput dari dan ke hotel – bandar udara. GM Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa, Muhamad Munir MSSc menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh anggota dewan juri dari Indonesia Travel & Tourism Awards 2011/12 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki pada Kamis malam, 17 November 2011 lalu. (Herlambang JL)

TAK hanya saat berwisata, namun untuk berbagai acara lain pun soal kenyamanan perjalanan akan menjadi dambaan banyak orang. Terkait aspek kenyamanan dalam perjalanan tentu tak lepas dari soal sarana transportasi. Adalah PO BIMO, sebuah perusahaan jasa transportasi darat yang berpengalaman dan selama ini telah banyak memperoleh kepercayaan dari berbagai lapisan masyarakat untuk berbagai kegiatan. Mulai dari untuk berwisata, antar jemput karyawan, ziarah, serta berbagai jenis kunjungan maupun study tour. Dengan slogannya : “Nyaman dan Terpercaya”, PO BIMO memang terus menerus meningkatkan mutu pelayanan, demi sebuah kepuasan untuk para konsumennya. Seluruh armada BIMO TRANSPORT tampil dengan performa yang sempurna. Tak hanya armadanya yang menggunakan mesin Mercedes Benz, namun interiornya juga tampil eksklusif, full AC, DVD, TV, recleaning seat, seat 2-2, toilet, kapasitas 20, 40, 50.

Disain luar (bodi) juga kian menawan, dengan logo wayang yang amat unik namun juga penuh makna. Kesan armada PO BIMO menjadi lebih elegan, eksklusif sekaligus berwibawa. (Herlambang JL)

PO BIMO Kadisono, Berbah, Sleman Telp (0274) 4435100,7470643 Fax (0274) 4435200 www.bimotransport.com

TOUR DE MERAPI - Gelaran event rally motor wisata bertajuk Tour de Merapi (TDM) 2011 yang digelar Pemkab Sleman bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi DIY dan PT Mami FO Perdana, 30 Oktober 2011 lalu berjalan semarak. Sebanyak 500 kendaraan bermotor atau 1000 orang mengambil start di Lapangan Pemda Sleman pada pukul 07.00 WIB tepat dan finish di Museum Gunungapi Merapi (MGM) Banteng Hargobinangun Pakem. Pengibasan bendera start dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Ir. Sunartono, M.Kes mewakili Bupati Sleman. (Herlambang JL)

KONTINGEN KOMODO - Event wisata budaya dengan tajuk “Festival Pelangi Budaya Bumi Merapi” pada 19-20 November 2011 yang dipusatkan di Lapangan Candibinangun Pakem Sleman berjalan meriah. “Kontingen Komodo” dari STIPRAM Yogyakarta tampil mempesona dan memperoleh perhatian lebih.

RM ”PAK HAJI” - Pasca erupsi Merapi 2010 perkembangan sektor pariwisata di Sleman, khususnya kuliner, masih terus menggeliat. Sehingga cukup banyak muncul rumah makan-rumah makan baru. Salah satunya adalah RM “Pak Haji”. Rumah makan yang berlokasi di Jalan Babarsari, Depok, Sleman ini baru saja beroperasi dan telah diresmikan oleh Hj Kustini Sri Purnomo selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman. Rumah makan ini memiliki menu-menu spesial ayam kampung.

“Touring” Sejarah di Museum Kekayon JOGJA memang kota “istimewa”, ditambah lagi dengan adanya berbagai rangkaian peristiwa sejarah bangsa Indonesia yang dapat kita saksikan dalam bentuk sebuah replika. Museum Kekayon yang terletak di Jalan Yogya-Wonosari Km.7 No.227 Jogja, menyajikan semua peristiwa langka tersebut mulai dari jaman purba hingga proklamsi, bahkan kesenian wayang dari abad 6 hingga 20. Begitu kita memasuki wilayah museum, kita bisa melihat Ganesa dan Reog atau Leak yang berada di pendopo Joglonan. Terdapat juga tempat peristirahatan atau gazebo yang dikelilingi kolam, dengan model unik/ klasik. Memasuki ruangan museum kita dapat melihat wayang yang paling tua yaitu wayang Purwa, wayang Madya, wayang Gedhog, wayang Klitik, wayang Drupara dan wayang Suluh yang berkisah tentang perjuangan bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan. Terdapat pula miniatur pewayangan, serta be-

berapa replika tokoh perwayangan yang berukuran besar seperti wayang Hanoman, Rama, Dewi Trijati, Dasamuka serta Kumbakarna. Uniknya lagi, di museum ini kita bisa mencocokan zodiak kita dengan tokoh-tokoh dalam pewayangan dan meramalkan perwatakan kita lewat poster seukuran A3 yang digantung sehingga kita bisa membacanya dengan sangat jelas. Tiket masuk ke museum wayang ini hanya Rp 7.000 (Umum/Pelajaran), Rp 10.000 (Turis dan Photo/camera) dan Rp 40.000 untuk mengadakan penelitian dan wawancara serta biaya tambahan sebesar Rp 3.000 jika ingin memperoleh buku panduan mengenai Museum Kekayon. Untuk menjangkau museum ini pun sangat mudah, selain menggunakan kendaraan pribadi, kita dapat menggunakan jasa angkutan umum JogjaWonosari. Museum kekayon buka setiap hari pukul 09.00-16.00,kecuali Senin. (Setiawan Yosep Wijayanta)

Edisi 25 Desember 2011

22 Paket Meeting di Hotel Sriwedari ANDA membutuhkan ruang meeting yang nyaman dengan fasilitas memadai? Lokasi hotel yang strategis di tengah kota dengan aksesabilitas tinggi akan memanjakan para klien yang ingin menggelar meeting di Hotel Sriwedari. Silakan hubungi manajemen Hotel Sriwedari Yogyakarta. Pihak hotel menyediakan berbagai alternatif pilihan paket meeting. Fasilitas meeting di Shinta Room untuk 50 pax, serta untuk Ballroom dengan kapasitas 100 pax. Fasilitas pendukung lain seperti LCDm sound system, blocknote, balpoint, candy dan lain sebagainya pun bisa didapatkan. Jl. Laksda Adisucipto Km. 6 No. 6 Yogyakarta 55281 Indonesia Phone +62 274 488288, 48816 Fax +62 274 489682, 485656 SMS reservation +62 852 910 501 Email: sriwedarijogja@sriwedarijogja.com

Paket Meeting dan Liburan LPP Convention Hotel terletak di Jln. Demangan Baru No 8, Jogja saat ini berkembang menjadi pusat bisnis baru di Jogja. Berkonsep modern minimalis dan keindahan taman membuat tamu merasakan suasana yang sejuk,nyaman dan aman, dengan pelayanan dan kerahtamahan petugas kami sebagai wujud Green & Friendly Hotel. Memiliki 50 kamar dengan berbagai type seperti : Superior, Deluxe,Executive,Junior Suite dan Suite dengan fasilitas indoor : AC, TV cable,Hot & Cold Water,Tea & Coffee maker set, Internet, Amenities dan Breakfast. Fasilitas Outdoor : Restaurant, Room Service 24 jam, Coffee and Tea Café, Spa, Bussiness Centre, Travel Agent dan Parking Area yang luas serta free hotspot. Beberapa ruang meeting antara lain Dewandaru I kapasitas 80 orang, Dewandaru II (100), Dahlia I (15), Dahlia II (50), VIP Meeting Room (10) dan Dinning Hall (200/open) dengan fasilitas AC, Sound System,LCD, Flipchart, Mini Garden,Blocknote, Pencil, Mineral water dan candy. Paket Meeting seperti : Fullboard Meeting, Fullday Meeting , One day meeting dan Halfday Meeting. (*)

City of Al Capone UNTUK malam pergantian tahun 2011 menuju 2012, The Phoenix Hotel Yogyakarta menghadirkan acara dengan tema “ City of Al Capone “ pada tanggal 31 Desember 2011 Count Down Party di Pa-

prika Restaurant. Di Pesta Tahun Baru kali ini, para tamu hotel benar – benar akan mempunyai kesan yang tidak akan terlupakan ditambah hadirnya hiburan berupa Live Band di Fountai area di Pparika Restaurant. Gala Dinner compulsory untuk tamu yang menginap di The Phoenix Hotel Yogyakarta hanya dengan harga Rp 2.999.000 nett/kamar untuk 2 malam. Paket ini sudah termasuk welcome drink, souvenir , makan pagi untuk dua orang, dan gala dinner untuk dua orang di Paprika Restaurant. Untuk tamu yang tidak menginap di hotel, tetapi tetap ingin menikmati sajian Tahun baru yang kami kemas, kami menawarkan harga Rp 400.000 net per orang. Paprika Restaurant juga menyajikan Dinner Buffet dengan harga Rp 250.000 net per orang di Malam Natal, 24 Desember 2011 dengan sajian hiburan group musik lagu lagu bertema Natal.

Paket Natal & Tahun Baru DAPATKAN kenyamanan dan Keceriaan Liburan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga ataupun kerabat hanya di Puri Artha Hotel – satu-satunya hotel dengan konsep Jawa dan Bali di Kota Yogyakarta. Rayakan malam Natal anda di Puri Artha Hotel dan dapatkan special dinner set menu untuk 2 orang,menginap di Superior Room beserta makan pagi,hanya Rp 650.000 net / kamar / malam. Promo paket Natal ini berlaku pada tanggal 24 Desember 2011. Rayakan pula Liburan Tahun Baru beserta keluarga ataupun kerabat hanya Rp. 1.445.000 net / kamar / malam dengan fasilitas antara lain menginap 2 malam di Kamar Superior ( 30 Desember 2011 – 1 Januari 2012 ),Sarapan untuk 2 orang dan menikmati makan malam dan kemeriahan pesta Tahun Baru di Chandra Restaurant untuk 2 orang. Puri Artha Hotel juga menyediakan fasilitas kolam renang,WIFI di seluruh area hotel dan gratis antar jemput ke pusat perbelanjaan Malioboro. Untuk reservasi silahkan hubungi kami di 0274 – 563288. Selamat Berlibur dan kami tunggu kedatangan anda beserta keluarga ataupun kerabat. Reservasi & Informasi Hubungi 0274-563288, Fax 0274-562765 Email: Puri Artha Hotel marketing@puriarthahotel.com

PAKET MEETING PRINGSEWU JOGJA Bosan dengan suasana meeting didalam ruangan tertutup? Sebuah atmosphere baru coba diusung Restoran Pringsewu Jogjakarta yang beralamat di Jl Magelang km 9, Mulungan, Sleman, Yogyakarta, dengan menawarkan sebuah ruangan meeting ditepi persawahan yang menghijau. Meeting Room yang kami beri nama Innovation Room tersebut memiliki kapasitas ruang sampai 60 kursi. Dengan detail pintu kaca sebagai pengganti dinding memudahkan pemakai ruangan untuk merubah suasana formal menjadi segar kembali saat menikmati hijaunya persawahan, sehingga inspirasi bisa terus tergali setiap saat. Semua fasilitas meeting yang diperlukan seperti Lcd Proyektor, Screen, Sound System, White Board, Block Note, dan Pensil, menjadi kelengkapan meeting yang kami sediakan secara gratis hanya dengan memesan aneka Paket Meeting yang kami miliki. Paket Meeting dengan 1 x Coffee Break dan 1 x Lunch / Dinner mulai harga Rp 59.000,- berhak memakai ruangan selama 5 jam, dengan item menu Es Jeruk, Aneka Sop, Nasi Putih, Chicken Katsu, Ca Jamur Kombinasi, Mie Goreng, Kerupuk, acar Sambal, Buah Iris Reservasi tempat atau info lebih lanjut silahkan menghubungi 0274-867978, atau email di pringsewu.jogja@yahoo.com

MUSIK SETIAP MALAM DI NEO THE PUB Dengan tata ruang dan atmosphere berbeda, Neo The pub – GQ Hotel Yogyakarta , akan memberikan suasana hiburan musik lain dari pada yang lain dengan suguhanentertainment apik dalam kemasan LIVE BAND yang istimewa setiap hari Minggu s/d Kamis pukul 20.30 – 00.30 dan hari Jum’at – Sabtu pukul 21.00 – 01.00. Adapun band - band pendukung yang ikut memeriahkan Live Music di Neo The Pub adalah group band yang sudah berpengalaman pentas di café-café serta hotel berbintang di beberapa kota besar di Indonesia dengan jadwal sbb: Senin Jazz R n B JAZZY BEAT BAND Selasa Classic Oldies EXPRESSION Rabu Slow Rock STARLIGHT BAND Kamis All Around & R n B RETRO FEEL BAND Jum’at Latino Jazz CASCARA LATINO BAND Sabtu TOP 40’s & All Around RHU BAND Minggu Classic Oldies EXPRESSION Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan tempat, silahkan hubungi NEO THE PUB – GQ Hotel Yogyakarta, Jl. Adisucipto No. 48 Yogyakarta, Telpon (0274) 485005 – pesawat 8045.

Suguhkan Paket Ekslusive Sambi resort, yang berlokasi di jalan Kaliurang km.19 Pakembinangun,Sleman, memiliki suasana yang alami dengan alam pedesaan yang kental dan dikelilingi sawah serta sungai yang memberikan kesejukan. Sambi Resort memiliki 4 type yaitu: 8 deluxe room, 1 suite room, 7 cottage dan 1 president suite dengan fasilitas air panas dan dingin, standing shower, ac, tv chanel, wifi dan mini bar, denga harga Rp. 500.000,-/room/night trmasuk breakfast. Tersedia pula meeting room dengan kapasitas 150 pax dengan fasilitas ac, sound system, lcd, permen, note book, selain itu, terdapat restaurant dengan bermacam menu dan spa reflexy. Untuk informasi selengkspnya: 0274 4478 666 atau jl kaliurang km 19 pakembinangun, sleman, www.sambiresort.com

Edisi 25 Desember 2011

23 Nikmati Sensasi Rasa Soup buntut Gowongan

Jayakarta Yogya Gold Club

CA ND I

The Jayakarta Yogyakarta Hotel and Spa meluncurkan program Jayakarta Yogya Gold Club. Nikmati free menginap 1 malam di kamar deluxe termasuk breakfast untuk paket Rp 900.000, late check out sampai pukul 14.00 WIB dan untuk kunjungan selanjutnya cukup membayar Rp 550.000 nett 1 malam di kamar deluxe. Harga khusus member cukup dengan Rp 575.000 nett/ malam kamar deluxe, Rp 750.000, -net/malam untuk kamar executive. Dapatkan pula diskon 15% untuk bersantap di Ramayana & Tamansari restaurant, diskon 15% untuk minuman di Pendopo Bar. Dapatkan pula bebas renang selama 1 tahun dengan membawa 1 teman free dalam sekali kunjungan, free handuk untuk 2 orang. Isi formulir keanggotaan sekarang juga. Sertakan foto berwarna ukuran 4x sebanyak 2 lembar melalui email kami. Untuk informasi selengkapnya silahkan hubungi staff marketing kami atau dengan Sdri. Shinta, 0274 – 488418 ext. 656/ HP: 081804317759, Email: salesyogya@jayakartahotelsresorts.com

Wisata ke Candi Yuk…

JALAN-jalan sembari menikmati mahakarya yakni candi, tentunya juga tetap menyenangkan dikala berwisata di Jogja. Nah, di bawah ini beberapa candi beserta lokasinya yang mungkin bisa Anda kunjungi.

Promo spesial dihadirkan oleh manajemen Gowongan Inn di bilangan Jalan Gowongan Kidul No 50 Yogyakarta. Kali ini melalui sajian istimewa soup buntut gowongan dengan harga spesial Rp 35.000 ++. Sensasi rasa istimewa dari soup buntut yang diolah dengan sajian kuah soup yang lezat dan bahan baku buntut sapi pilihan yang dimasak dengan sangat empuk. Sajian menu soup buntut goreng pun tidak kalah istimewa dengan pilihan bumbu dan rempah-rempah pilihan yang menggoda selera. Menu spesial ini bisa dinikmati di Meranti Restaurant. Mulai awal Desember menu istimewa dengan sensasi rasa lezatnya ini juga bisa dinikmati di fasilitas kongkow lainnya yang ada di area top roof yakni Balai Bengong. Tidak ketinggalan berbagai snack tradisional yang diiringi sajian hiburan live music akustik. Fasilitas ini menjadi pilihan tepat bagi Anda untuk hangout terlebih dengan view yang mempesona, free wifi, dan lain sebagainya. Buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB. Untuk informasi dan reservasi Hotel Gowongan Inn Jalan Gowongan Kidul No 50 Yogyakarta, Phone (0274) 541999, Fax 0274 561460

Candi Banyunibo (Dusun Cepit,Bokoharjo, Prambanan, Sleman) Candi Barong (Dusun Candisari,Desa Sambirejo,Prambanan, Sleman) Candi Gampingan (Dusun Gampingan, Piyungan, Bantul) Candi Gebang (Perumahan Candi Gebang, Sleman) Candi Ijo (Gumuk Ijo, Prambanan, Sleman) Candi Kadisoka (Dusun Kadisoka, Desa Purwomartani,Kalasan, Sleman) Candi Kalasan (Jl. Jogja–Solo Km 13 Kalasan, Sleman) Candi Kedulan (Dusun Kedulan, Desa Tirtomartani, Kalasan, Sleman) Candi Klodangan

Paket Meeting di Grha Somaya Hotel Hotel Grha Somaya Jogja yang berada di lokasi sangat strategis di Kota Jogja, tepanya di Jalan Menteri Supeno No 28BC Jogja mengusung konsep khasnya Jogja. Dengan nama kamar dan ruang meeting yang diambil dari tokoh wayang serta tagline “Enjoy Stay With Us” memberikan suasana kekeluargaan dan kebersamaan yang lain daripada yang lain. Memili 34 room yang terbagi dalam 3 type kamar yaitu 09 kamar Puntadewa (deluxe room), 01 kamar werkudara (superior room), dan 24 kamar Janaka (standard room). Dilengkapi dengan fasilitas kamar seperti AC, TV, water heater, amenities, breakfast, dan lain sebagainya. Fasilitas di luar kamar antara lain swimming pool dan hot spot area( lobby and meeting room area). Tersedia pula meeting room dengan nama “Nakula Sadewa” dengan kapasitas 75 pax serta fasilitas seperti AC, screen, white board, spidol, dll Informasi lebih lanjut Hotel Grha Somaya Jogja Jalan Menteri Supeno No 28 BC Yogyakarta Phone (0274) 377555/0274 9272390 Fax (0274) 411030

(Dusun Klodangan Kelurahan Sendangtirto, Berbah, Sleman) Candi Lumbung (Dukuh Tlogo, Desa Tlogo, Prambanan, Sleman) Candi Mantup (Dusun Sampangan Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul) Candi Morangan (Dusun Morangan, Sindumartani, Ngemplak,Sleman) Candi Plaosan (Komplek Plaosan,Bugisan Kecamatan Prambanan, Sleman) Candi Prambanan (Jln. Jogja-Solo Km. 16 Prambanan, Sleman) Candi Risan (Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Gunung Kidul) Candi Sambisari (Desa Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman) Candi Sari (Kalasan, Sleman)

Edisi 25 Desember 2011

24

TEMUKAN PENGALAMAN LIBURAN AKHIR TAHUN DI BATIK ADININGRAT Sebagai salah satu geraii bat batik tik yan yang an a ng ada d dii kkawasan a assan aw n M Malioalllio a i io Maliobo oro r n o. 73 ba o. ati tk A din ningr grra att ttak ak boro, lebih tepatnya di Jl.Malioboro no. batik Adiningrat hkan n lliburan iburan a ak khir ta ahu h n da an ingin ketinggalan dalam memeriah memeriahkan akhir tahun dan elalui kole lle leksi e i te tterbaik rbaik ya ang gd ip per e sem mmmenyambut tahun baru. Melalui koleksi yang dipersemjung yang gd attang. Ingat lib bu urran an, in nga g t bahkan bagi setiap pengunjung datang. liburan, ingat t. belanja batik di Toko Batik Adiningrat Adiningrat. u up p to to date datte dan da dan eye catching , ka ami mi Selain produk yang selalu kami nciptakan pr p prod rod oduk u dan koleksi terba aru r selalu berupaya untuk menciptakan produk terbaru ngunjung yyang an ng da d tang. Batik deng gan a untuk bisa memanjakan pengunjung datang. dengan mb bin nasi w arna dan sentuh han beragam motif yang cantik serta komb kombinasi warna sentuhan kan motif da d an warn rna sehingga me rn en engkreativitas dalam memadukan dan warna mengng luar b ia asa. Coco co ok dikenakan sseehasilkan adi karya batik yang biasa. Cocok gai ai ssuasana. u ssa ua an na a. Dan tent nttu n t saja layana an gala usia dan dalam berbagai tentu layanan ya am mb but ut kkedatangan n Anda. yang ramah akan siap menyambut payya un ntu tuk selalu m emberiDisamping itu kami berupaya untuk memberiang b erb bed da dan tida d k akan kan suguhan dan nuansa yang berbeda tidak ang gb erada dii p usat Anda temukan di toko batikk lain yyang berada pusat elama a libu uran akhirr ttaawisata belanja Malioboro. Selama liburan ru na nanti,, kkami am a mi akan n hun dan sambut tahun baru deng ng gan an a lunan lu memanjakan pengunjung de dengan alunan ah h-music gamelan live, dan bahakan kami berikan kesempatan kesetiap pengunjung untuk memainkanbisa mencoba belajar memainkantida ak kalah nya. Disamping itu, yang tidak juga ssajikan ajjikan demo a menariknya adalah kami a pengunju ung n juga proses membatik dimana pengunjung anthi hn hi ng g d iatas kain. P enasaran? bisa belajar menorehkan canthing diatas Penasaran? atikk Adin at ning grat di P usat usat us a W isat is a a BeDatang dan kunjungi Toko B Batik Adiningrat Pusat Wisata lanja Malioboro. asa terima kas a ih yyang ang an g tu tulu ullu us d da ari ri kkami, am a m mii, Dan sebagai ungkapan rasa kasih tulus dari am mi bu buat buat at sspecial pecial pe a darii ka kkain ain setangkai bunga cantik nan unik yang kam kami pada setia ap p pa ara r p engu en engu gu un njun u g selama batik akan kami berikan kepada setiap para pengunjung ahun ba bar aru sel elam el ama am ma p pe ers rsed sed ediaan masih liburan akhir tahun dan tahun baru selama persediaan ada.(adv)


Tabloid Info Wisata Jogja Jateng Edisi 25 / Desember 2012