Issuu on Google+

Langganan Rp40.000/bulan HubungLui kman 024-74055917

EDISI 765 RABU pON, 29 Februari 2012 7 Rabiul Akhir 1433 H Terbit 12 Halaman

Redaksi Telp 024-3518359, Fax. 024-3516531 Iklan & Sirkulasi Telp 024-3516531, 91507718 Fax. 024-3516531

100 LSM Marah Besar

Ancam Geruduk Gubernur Oleh Abdul Mughis

Ratusan LSM dan ormas berniat melabrak Gubernur Jateng Bibit Waluyo. Loh, ada apa?

Tiga Jembatan Putus Warga Kesulitan Bepergian TIGA jembatan yang menghubungkan dua kecamatan di Kabupaten Kendal, putus terbawa arus akibat luapan Kali Blorong, Senin (27/2) sore. Tiga jembatan itu adalah, jembatan Jatirejo Ngampel yang menghubungkan Tanggulsari kecamatan Brangsong , jembatan Ngampel Wetan yang menghubungkan desa Ngampel wetan dengan Kertomulyo Brangsong, dan jembatan Rejosari Ngampel yang menghubungkan desa Tanggulsari.

Bersambung Hal 7

400 Petugas Disiapkan

Besok, Optimalisasi Terminal mangkang

S

EDIKITNYA 100 lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan organisasi masyarakat (ormas) di Jawa Tengah mengancam akan mendatangi Kantor Gubernur Jateng Bibit Waluyo. Pasalnya, Gubernur Jateng mengeluarkan kebijakan yang dinilai memberatkan bagi LSM maupun ormas dalam penerimaan dana hibah dari Gubernur Jawa Tengah, hari ini. Kebijakan tersebut tidak bisa diterapkan selayaknya bantuan hibah untuk pembangunan fisik fasilitas umum. “Dalam petunjuk teknis pelaksanaan hibah kepada kelompok atau anggota masyarakat, dalam pointnya menyebutkan permohonan hibah harus sepengetahuan kepala desa/ lurah dan camat setempat, sementara kita mengajukan dana hibah untuk kegiatan yang bersifat sosialiasi dan penyuluhan program, bukan bantuan fisik,” ujar Koordinator Aliansi 100 LSM Bersatu, R. Silas Subardjo, kemarin.

Demi Keselamatan dan Kenyamanan Petugas melakukan perawatan rel kereta api di kawasan Stasiun Poncol, Semarang, kemarin. PT KA terus melakukan perawatan rel secara berkala untuk menjaga dan meningkatkan keselamatan perjalanan KA, salah satunya pemeriksaan bantalan rel dan balas kerikil di tepi kiri kanan dan tengah rel.

DISHUBKOMINFO Kota Semarang menyiapkan 400 personel gabungan dalam rangka optimalisasi Terminal Mangkang yang akan dimulai pada 1 Maret. Pertugas gabungan tersebut dari Dishubkominfo, Kepolisian, Polisi Militer dan sejumlah petugas keamanan lain. Kepala Dishubkominfo Kota Semarang Ednawan Haryono mengatakan optimalisasi tersebut serius dan tidak akan ditunda lagi, dengan diawali apel bersama para petugas pukul 07.00.

Bersambung Hal 7

40 Pengusaha Hiburan Bermasalah

Bersambung Hal 7

Warga Keluhkan Saluran Air Pasar Sampangan

MESKI kini bangunannya terlihat apik, namun masih ada hal yang dikeluhkan oleh warga sekitar yakni buruknya saluran pembuangan air di gedung Pasar Sampangan. Menurut Ketua RW 2 Kelurahan Bendan Dhuwur Kecamatan Gajah Mungkur. HARSEM/CUN CAHYA

Bersambung Hal 7

SEBANYAK 40 pengusaha hiburan bermasalah di wilayah Bandungan, kemarin dipangil untuk melengkapi persyaratan perizinan yang dibutuhkan. Mereka diberi toleransi waktu 14 hari untuk mengurus kepengkapan perizinan, dengan ancaman sanki penutupan. Kepala satpol PP Kabupaten Semarang, Muh Risun menjelaskan, berdasarkan data dari kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (KPMPT) kabupaten Semarang, hingga saat ini terdapat 40 pengusaha hiburan yang belum melengkapi perizinannya. Dalam rangka penegakkan Perbup 31 dan 32 tahun 2011 tentang SOP dan penertiban hotel dan tempat hiburan, maka pihaknya berharap agar para pengusaha tersebut segera melengkapi perizinan yang berlaku. “Mereka kami panggil agar segera melengkapi perizinannya,” jelas Risun, kemarin.

Bersambung Hal 7

pEMBERITAHUAN

Rusaknya Akhlak Itu Menular Oleh Moch Ichwan Rusaknya moral itu menular, sabda Nabi. Karena itulah orang tua selalu berpesan, jangan berkumpul dengan orang yang buruk akhlaknya. Karena kepribadian dan kelakuan seorang teman ibarat air diserap spon. Karakter orang bisa diketahui dari siapa temanteman dekatnya.

NAMUN Juliet (25) samaran, seolah tak tahu mengerti ajaran itu. Ia tahu Jossy (28), bukan nama sebenarnya, adalah pemuda berandalan. Bergaulnya dengan para pengangguran, dan pemabuk. Namun tetap saja ia menerima Jossy menjadi pacarnya. Entah mengapa wanita jika dirayu, disentuh sisi emosinya, seolah langsung kehilangan akalnya. Seperti tak ada pria lain di dunia, Juliet pun lengket dengaan Jossy. Jika ditanya temannya dia menjawab; Dengan cinta yang tulus sang pacar itu

akan berubah jadi orang baik. Seolah yang bisa mengubah watak seseorang adalah cinta. “Aku bersabar saja dengan Mas Jossy. Mudah-mudahan dengan ketulusan cintaku dia insyaf. Terlebih setelah jadi suamiku nanti,” harapnya. Untuk sementara, dibiarkan Jossy menikmati kebiasaannya bersama konco-konco se-gank. Ia pikir, nanti akan bosan sendiri dan sembuh setelah menikah. Bahkan ia mengira, Jossy akan jadi orang soleh jika sebagai istri dia sabar dan rajin berdoa.

Bersambung Hal 7

Diumumkan kepada pembaca, relasi, pelanggan, maupun pemasang iklan, terhitung mulai kamis, 1 maret 2012, Harian Semarang tidak terbit karena akan ada perubahan manajemen. koran kesayangan kita ini bakal kembali beredar pada 12 maret 2012 dengan tampilan lebih anyar dan lebih segar. melalui pemberitahuan ini pula kami memohon maaf yang sebesar-besarnya karena mengganggu kenyamanan, dan berharap bisa memuasi semua pihak melalui terbitan yang baru nanti. Salam, Redaksi

lawangsewu Jurusan Jakarta KA

Berangkat

Argo Anggrek

SmgTwg

12.00

Gambir

Argo Anggrek

Smg Twg

00.00

Argo Sindoro

Smg Twg

05.30

Argo Muria

Smg Twg

Sembrani

Gumarang

Jurusan Jakarta

Datang

Kelas

KA

Berangkat

17.54

Eks

Senja Utama

Smg Twg

20.00

Gambir

05.52

Eks

Fajar Utama

Smg Twg

08.00

P Senen

Gambir

11.25

Eks

Matarmaja

Smg Pcl

00.58

P Senen

16.00

Gambir

22.03

Eks

Brantas

Smg Pcl

19.30

T Abang

Smg Twg

23.03

Jkt Kota

05.25

Eks

Kertajaya

Smg Pcl

20.46

Smg Twg

12.00

Jkt Kota

18.30

Eks Bis

Tawang Jaya

Smg Pcl

19.00

Jurusan Surabaya

Datang

Menuju Indonesia Bersih 2013, Kriteria Adipura Diperketat tERKAIt target Indonesia bersih pada 2013, kriteria penilaian untuk anugerah Adipura makin diperketat dalam berbagai bidang. Demikian disampaikan Asisten Deputi pengelolaan Sampah Kementrian Lingkungan Hidup R Sudirman, dalam sosialisasi penilaian Adipuran di Balaikota Semarang, kemarin. Menurutnya, saat ini kriteria yang diperketat antara lain dalam bidang pendidikan, kesehatan dan perhubungan. Sejumlah kementerian seperti kementerian perhubungan akan mengurusi masalah bandara, stasiun kereta dan hal lain yang berhbungan dengan perhubungan. Begitu pula dengan Kementrian Kesehatan akan kerjasama dengan pemerintah daerah mengurus puskesmas dan rumah sakit. “Kementrian Pekerjaan Umum juga seperti itu, akan menjadi kewenangan daerah jadi tidak ditangani langsung oleh kementerian, namun melalui daerah agar lebih maksimal dan SOPnya tengah disusun tahun ini untuk segera disahkan Presiden maret mendatang,” ujarnya. Ia mengatakan penilaian dengan skor tersebut akan diaplikasikan pada 2012-2013. Untuk itu, semua pihak diminta untuk mempersiapkan diri menuju Indonesia Bersih 2013. “Berdasarkan hasil penilaian, Semarang cukup baik tapi harus ditingkatkan lagi karena skornya baru 72, kalau sudah 77 itu berarti sudah memenuhi standar,” jelasnya. Ia menambahkan, terdapat sejumlah hal yang harus dibenahi, sebab kriteria tersebut saat ini meliputi ruang terbuka hijau, pengelolaan sampah, air serta udara. “Ada beberapa poin saya tidak hafal tapi sudah saya sampaikan dan pak sekda bilang akan membenahinya,” katanya. Sementara itu Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Semarang Muthohar menyatakan, pihaknya akan segera melakukan pembenahan. “Berbagai hal akan dibenahi seperti pengelolaan sampah dengan TPA yang masih dinilai hanya dengan 66 skornya, ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua,” jelasnya. (pru/jos)

Pegawai Perlu Diajak Refreshing UntUK menjalin keakraban dan silaturahmi antarpegawai. Pemerintah Kecamatan Semarang Selatan pada 10 Maret mendatang akan mengadakan berbagai kegiatan di daerah Bandungan, Kabupaten Semarang. Camat Semarang Selatan, Kukuh Sudarmanto mengatakan, pada Maret mendatang bersama sekitar 40 staf maupun kasi di kecamatan akan melakukan kegiatan refreshing. Kegiatan ini tujuannya untuk menjalin keakraban para pegawai agar mereka tetap bersatu dalam melaksanakan pekerjaanya. “Tujuan saya agar para pegawai saya tidak terlalu tegang dan mereka butuh refreshing. Dengan kegiatan di luar kota setidaknya mereka bisa kembali santai dan tetap semangat bekerja di kantor nantinya,” tegas mantan Camat Tugu ini. Pria yang juga pernah menjadi Camat Semarang Barat ini mengaku, pentingnya mengajak para pegawai untuk refreshing merupakan sebuah keharusan. Dengan kebersamaan di luar jam kerja lewat kegiatan dapat menciptakan suasana yang kondusif. “Nantinya di sebuah penginapan di daerah Bandungan juga diadakan berbagai kegiatan yang sifatnya santai. Seperti ada olahraga futsal, berbagai permainan dan hiburan lewat solo organ,” ujarnya pria yang aktif tinggal di rumah dinas ini. (gus/jos)

Kelas

KA

Berangkat

Bisnis

Gumarang

Smg Twg

01.01

P Turi

14.51

Bisnis

Kertajaya

Smg Pcl

23.55

07.27

Eko

Argo Anggrek

Smg Twg

15.32

03.20

Eko

Argo Anggrek

Smg Twg

P Senen

05.10

Eko

Rajawali

P Senen

02.16

Eko

Sembrani

P Senen

03.02

Jurusan Kediri

Jurusan Bandung

Datang

Kelas

KA

Berangkat

05.22

Eks Bis

Harina

Smg Twg

P Turi

04.40

Eko

P Turi

19.30

Eks

Blora Jaya

Smg Pcl

08.45

03.32

P Turi

07.30

Eks

Blora Jaya

Smg Pcl

17.00

Smg Twg

08.25

P Turi

12.50

Eks

Smg Twg

02.21

P Turi

06.34

Eks

Kelas

KA

Berangkat

16.08 04.28

Eks

Brantas

Smg Pcl

Bjnegoro

12.26

Eko

Banyubiru

Smg Pcl

05.00

Bjnegoro

20.48

Eko

Banyubiru

Smg Pcl

13.00

Datang 07.30 20.35

Bdg

Jurusan Bojonegoro

Smg Pcl

21.29

Malang

woro-woro Maulid dan Haul di Ponpes Sunan gunung Jati Ba’alawy PonDoK pesantren (Ponpes) Sunan Gunug Jati Ba’alawy di Dukuh Malon, Kelurahan Gunungpati, Kecamatan Gunungpati, Semarang, akan mengadakan pengajian memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Syeh Abdul Qodir al-Jaelani, Syeh Abil Hasan Ali As-Syadzili, Habib Hasan bin Thoha bin Yahya Kramatjati Semarang, pada Minggu (4/3) jam 13.00-17.00.

Sehat, Murah bersama Carrefour

CARREFOUR Srondol Banyumanik setiap hari Minggu mengadakan senam aerobik pukul 06.00 – selesai di pelataran parkir C4. Bagi pengunjung yang ingin mengikuti agenda rutin ini silahkan bergabung dan gratis.

01.01

Kelas

KA

Berangkat

07.39

Eko

Kaligung

Smg Pcl

08.35

Tegal

11.33

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

17.00

Tegal

19.44

Bisnis

Solo Blpn

08.11

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

05.55

Tegal

08.45

Eko

Solo Blpn

16.11

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

13.00

Tegal

16.19

Eko

04.56

Eks Bis

Kediri

Jurusan Jombang

Jurusan Malang Matarmaja

Jurusan Tegal

Datang

Jurusan Solo

06.31

Eko

Bangunkarta

Smg Twg

22.32

Jombang

Datang

Kelas

Sumber : DAOP IV Semarang *) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Status Pemindahan Warga Deliksari ke Pakintelan

Pansus akan Konsultasi ke Kemendagri Oleh Ariel noviandri

Pansus Pelepasan Aset Daerah DPRD Kota Semarang akan konsultasi ke Kemendagri terkait status pemindahan warga Deliksari ke Pakintelan. Langkah itu ditempuh karena pemindahan warga tersebut berdampak pada pelepasan aset eks tanah bengkok di Pakintelan.

A

nggotA Pansus Pelepasan Aset Daerah DPRD Kota Semarang Wisnu Pujonggo mengatakan, pihaknya akan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pemindahan warga Deliksari yang terkena longsor ke Pakintelan, Gunungpati. Menurut Wisnu, hingga kini pihaknya belum mengetahui secara pasti soal status pemindahan warga Deliksari, Kelurahan Sukorejo, ke eks tanah bengkok di Pakintelan merupakan hibah atau realokasi (hanya penempatan). Untuk itu, pihaknya bersikap hati-hati karena pemindahan warga tersebut berdampak pada pelepasan aset eks tanah bengkok di Pakintelan. “Karena itu, jika pusat menyetujui untuk dilakukan hibah, maka harus bisa menunjukkan yuridis formalnya. Pansus sendiri masih akan mengkaji pelepasan hak aset itu apakah bisa hibah atau sekadar realokasi. Dalam hal hibah, kita bersikap hati-hati mencari

kepastian hukumnya,” katanya diselasela kunjungan ke Kelurahan Pakintelan, kemarin. Ia menambahkan, jika status pelepasan tanah dilaksanakan secara hibah tidak disetujui, maka akan dipilih upaya realokasi. “Namun, status kepemilikan tanah di lokasi baru itu hanya sebatas menempati saja,” ujarnya. Dilepas YSS Sementara soal warga Deliksari yang masih menempati tanah milik Yayasan Sosial Soegijapranata (YSS), Camat Gunungpati Bambang Surono menjelaskan, saat ini sudah ada titik terang. Dari pihak YSS, kata dia, sudah bersedia melepaskan 13 bidang tanah miliknya yang ditempati lama oleh warga Deliksari ke pemkot. Proses balik nama sertifikat akan difasilitasi gratis dimana camat yang akan bertindak selaku pejabat pembuat akte tanah (PPAT). Sedangkan 12

HARSEM/ARIEL nOVIAndRI

Pansus pelepasan aset berbincang dengan camat Gunungpati saat berkunjung ke Pakintelan, kemarin kepala keluarga (KK) yang menjaminkan sertifikatnya ke bank, tiga KK di antaranya sudah diambil. “Tinggal sembilan orang yang sertifikatnya masih tertahan di bank. Kami sudah melakukan pendekatan, dan mereka bersedia untuk menukar sertifikat itu dengan surat-surat berharga lainnya seperti BPKB,” kata Bambang. Seperti diketahui, persoalan pemindahan warga Deliksari sebelumnya terganjal status kepemilikan tanah. Dari

32 KK di Deliksari yang akan dipindahkan, 17 KK bersertifikat, 12 KK sertifikatnya diagunkan ke bank, dan tiga KK lainnya tidak memiliki sertifikat. Warga yang tidak memiliki sertifikat tersebut menghuni tanah milik YSS. Sekitar 1995 silam, sejumlah tanah warga di daerah Simongan dibeli YSS untuk didirikan panti jompo. Sebagai gantinya, YSS bersedia menjual tanahnya di Delikari kepada warga Simongan itu dengan cara mengangsur. (jos)

Begal Motor Marak, Dewan Desak Pengamanan Diperketat

Wujudkan Kota Layak Anak MAHASISWA IKIP PGRI Semarang belum lama ini melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Kecamatan Pedurungan. Dalam kegiatannya, mengadakan sosialisasi “Peran Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) dalam Mewujudkan Kota Layak Anak”. Acara yang digelar di Aula Kelurahan Tlogosari Kulon ini dihadiri para ibu penggerak PKK, kader Posyandu, dan segenap pengurus organisasi di kelurahan Tlogosari Kulon. Hadir pula kaum perempuan perwakilan RW dan RT se-kelurahan. Pembicara sosialisasi, Sri Suneki MSi dosen IKIP PGRI mengyampaikan berbagai hal terkait kota layak anak. Sri menegaskan, untuk menjadikan Semarang Kota Layak Anak, komitmen pemerintah harus menyeluruh. Di mana, walikota, camat, lurah dan seluruh aparatur pemerintah harus memiliki tekad yang sama. Selain itu, harus pula didukung kalangan swasta, baik pengusaha maupun pelaku ekonomi menengah dan kecil yang ada di Kota Semarang. “Menjadikan Semarang Kota Layak Anak membutuhkan komitmen menyeluruh seluruh aparatut Pemkot. Kalangan swasta juga harus dibangkitkan kepeduliannya,” ujarnya. Dijelaskannya, setiap anak punya hak untuk bermain secara nyaman di dalam kota. Berhak untuk tumbuh sehat dan cerdas, aman dari marabahaya dan sumber penyakit karena kesalahan tata kota atau lingkungan. Di unit terkecil, tambahnya, setiap keluarga harus menyadari pentingnya memenuhi hak-hak anak tersebut. (moi/jos)

2

RaBU, 29 Februari 2012 selasa, 26 Oktober 2010

HARSEM/IndRA PRABAwA

Sejumlah pekerja proyek dengan alat berat tengah mengerjakan pondasi penahan arus di Sungai Banjirkanal Barat. Pondasi tersebut berguna menahan arus saat banjir

KoMISI A DPRD Kota Semarang meminta aparat kepolisian mengoptimalkan pengamanan menyusul maraknya aksi pembegalan terhadap pengendara sepeda motor. Anggota Komisi A DPRD Kota Semarang Novriadi mengatakan, maraknya kejadian pembegalan di beberapa ruas jalan di Kota Semarang itu, sudah seharusnya aparat kepolisian melakukan pengamanan ekstra, khususnya pada malam hari. “Perlu ditingkatkan lagi patroli dan gencarkan operasi khusus malam hari, terutama di titik-titik rawan kejahatan dan waktu jelang pagi,” katanya, kemarin. Ia menilai aksi perampasan disertai penganiayaan dengan senjata tajam terhadap pengendara sepeda motor pada tengah malam hingga dini hari, patut menjadi prioritas kerja aparat Polrestabes Semarang. “Saya yakin polisi punya kemampuan untuk mengungkap masalah itu. Saya kira

dengan memberi motivasi kepada anggota (kepolisian) di lapangan dan penerapan strategi yang jitu pelaku bisa ditangkap. Sudah dua bulan terakhir, kasus tersebut menjadi perhatian publik, jangan sampai terus ada korban,” harapnya. Sementara, Ketua Komisi A DPRD Kota Semarang Didik Marsudi mengatakan, pihaknya telah menyusun agenda rapat dengar pendapat dengan Kapolrestabes Semarang Elan Subilan, terkait kasus pembegalan tersebut. “Baru saja kami ngobrol dengan teman-teman Komisi A untuk mengundang Kapolrestabes. Secepatnya, kami undang beliau untuk mendengarkan paparan situasi kamtibmas Kota Semarang akhir-akhir ini,” kata Didik. Ia menilai polisi layak melakukan tindakan tegas dalam penanganan kasus tersebut. “Namun tindakan tegas itu juga harus terukur dan mengacu aturan. Saya yakin polisi sudah punya pertimbangan untuk melakukannya,” ujarnya. (ano/jos)

Regulasi Baru Pemberian Dana Hibah dan Bansos tAHUn ini terdapat perubahan regulasi dalam pemberian dana hibah dan bantuan sosial kepada masyarakat. Hal itu diungkapkan Walikota Semarang Soemarmo HS dalam kegiatan rutin jalan sehat bersama walikota di Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik, kemarin. Regulasi tersebut berdasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber Dari APBD. Walikota menyebutkan bahwa tahun ini pemkot akan memberikan

dana sebesar Rp 100 juta untuk setiap kelurahan. “Berdasarkan peraturan yang baru, tahun ini dana tersebut akan diserahkan kepada camat untuk dirembuk bersama lurah dan LPMK terkait pemanfaatannya,” ungkapnya. Namun, menurutnya, bila sampai saat ini belum ada realisasi, hal itu dikarenakan masih dalam proses. “Saat ini seluruh Indonesia memasuki masa transisi terkait regulasi baru tersebut. Sehingga cukup kacau. Bahkan untuk usulan dana operasional RT/RW hingga akhir Januari yang baru disahkan oleh DPRD saja belum

mencapai 125 usulan,” paparnya. Sedangkan terkait dana kontingensi, untuk tahun ini tidak bisa serta merta direalisasikan. Usulan RW akan ditampung, yang kemudian didisposisi oleh walikota kepada sekda, dirapatkan oleh sekda bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), disurvei, kemudian dibuatkan Surat Keputusan dan diusulkan ke DPRD dan direlisasikan. Melihat proses yang cukup panjang tersebut, walikota berharap implementasi regulasi yang baru ini dapat dilaksanakan secara maksimal. “Untuk semester awal ini, dana

untu RT/RW akan diberikan kepada camat yang akan diarahkan oleh Asisten Administrasi Pembangunan dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan. Tapi saya berharap pada semester kedua bisa diberlakukan aturan yang baru dimana kendali langsung diberikan kepada RT/RW,” katanya. Dalam kesempatan tersebut, walikota mengakui pihaknya senang mengikuti jalan sehat yang rutin dilaksanakan dua kali per pekan. “Selain dapat menyampaikan informasi terkait pembangunan di Kota Semarang, kami bisa bertemu masyarakat,” ujarnya. (pru/jos)

Pemimpin Umum/Pjs Pemimpin Redaksi: Andy Suwanto Dewan Redaksi: H Noor Achmad, Iwan Haryanto, Arief Mudzakir, Andy Suwanto, Redaktur Pelaksana: Saefudin, Sugayo Jawama Litbang: Iriyanto Redaktur: Arief Firhanusa, Bagus Panji Buana, Dwi NR, Panji Joko Satrio, Puji Joko Sulistyo, Sardi AK, Teguh Argari Bisono, Tri Wuryono Koordinator Liputan: Poltak Sinaga Wartawan: Abdul Mughis, Ariel Noviandri, Aris Wasita Widiastuti, Hery Priyono, Lissa Febrina, Mohammad Ichwan, Nur Hidayat, Prihati Puji Utami, Sokhibun Ni’am, Wara Merdekawati, Wikha Setiawan, Wiwig Prayugi Kontributor: Nino Adisumarto (Ungaran), Sukma Wijaya (Demak), Heru Santoso (Salatiga) Pewarta Foto: Cun Cahya, Indra Prabawa Desain dan Lay Out: Anton Sujarwadi, Prasetya Widodo, Muhammad Fatoni, Ajie Mahendra, Omegantoro Anggraito Penerbit: PT Semesta Media Pratama Berdiri sejak Pendiri Pemimpin Umum Wakil Pemimpin Umum

: : : :

10 Agustus 2009 H Suwanto, SE, MM

Andy Suwanto, MBA

Pemimpin Perusahaan: Andy Suwanto, MBA Direktur Utama: Iwan Haryanto Keuangan: Dwi Arum Dhati (Manajer), Mulyono, Septiyarini Aksari Distribusi & Sirkulasi: Much Lukman, G Hendra, Aries Kunarto, Ririn Setyowati Promosi dan Iklan: Dyah Purnasari General Affair: Viddy Yusafiadi Alamat Redaksi: Jl KH Wahid Hasyim (Kranggan) 125-127 Ruko A1 Floor 1-3 Semarang Telp: 024-3512771, Fax. 024-3516531 Iklan dan Sirkulasi: 024-3518359 E-mail: redaksi@hariansemarang.com, harian.semarang@ yahoo.com Website: www.hariansemarang.com

Nugroho PS

Wartawan Harian Semarang selalu dibekali tanda pengenal dan dilarang menerima atau meminta sesuatu dari narasumber

AYO MBANGUN KUTHO

3

rabu, 29 Februari 2012

Warga Deliksari Siap Pindah Oleh Lissa Febrina

DPRD Kota Semarang perlu secepatnya memproses relokasi warga Deliksari karena mereka menyatakan sudah siap pindah.

lakone Staf RW 09 Sawah Besar

Kemis

Aktif di Lingkungan

PERTaMa kali mengenal sosok pria yang satu ini memang sangat menyenangkan. Apalagi tutur kata dan bahasanya enak didengar dengan gaya bahasa jawa yang santun. Kepada siapa pun dirinya tetap menghormati dan ramah. Namanya cukup singkat, Kemis, salah satu staf seksi pembangunan RW 09 Kelurahan Sawah Besar. “Saya memang terbiasa setiap bertemu orang yang baru dikenal harus tetap menghormati dengan berbicara gaya bahasa jawa. Tujuannya untuk melatih orang yang diajak bicara dan bisa bertatakrama dengan berbahasa yang baik,” cetusnya beberapa waktu lalu. Pria berusia 56 ini juga sangat dihormati warga sekitar. Selain aktif di lingkungan, kesibukannya juga dilakukan untuk masyarakat dan kelurahan. “Saya memang aktif di lingkungan seperti saat ini ditunjuk sebagai pelaksana pavingisasi jalan. Selain itu juga masih aktif ditunjuk jadi linmas di kelurahan,” jelasnya. Dikatakan, melihat kehidupan di lingkungan Sawah Besar warganya sangat menyenangkan. Karena setiap ada program kegiatan kampung masyarakatnya sangat guyup dan bisa diajak swadaya. “Jujur saja warga perkampungan Batursari, Kelurahan Sawah Besar masyarakatnya sangat menyenangkan. Mereka mudah diajak gotong-royong dan juga sangat menghormati tokoh masyarakat,” jelasnya. Ditambahkan, menjadi ketua RT/RW atau bahkan panitia kepengurusan di wilayahnya tidak perlu merasa khawatir. Karena lingkungannya tidak seperti di perkotaan. (wam/gus)

W

aRGa Deliksari, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati menyatakan siap menjalankan persyarakat mengenai relokasi yang diminta DPRD Kota

Semarang. Namun, warga berharap agar relokasi tidak ditunda kembali mengingat warga sudah sangat takut adanya bencana longsor. Polemik dan tarik ulur relokasi warga Deliksari oleh pemerintah

kota membuat sejumlah warga Deliksari merasa kecewa. Karena mereka sudah merasa tidak nyaman sebagai warga pinggiran. Ketua Paguyuban Warga Deliksari, Pramono mengatakan, dari hasil pertemuan Minggu kemarin di Balai Kelurahan Sukorejo bersama Camat Gunungpati, Lurah Sukorejo dan perwakilan Yayasan Sugiyapranoto. Sebanyak 32 warga yang akan direlokasi diminta untuk segera kembali mengambil sertifikat tanah

Sugiyapranto pun sudah sepakat akan membantu mempermudah semua proses perizian sehingga warga bisa secepatnya direlokasi,” lanjutnya. Warga berharap, agar dewan segera melakukan pengesahan relokasi rumah mereka. Warga sudah tidak sabar dan sekarang tidak tahu harus ke mana mengadi nasib mereka. “Nasib warga Deliksari memperihatinkan mestinya pemerintah secepatnya melakukan penyelesaian,” pungkasnya. (gus)

Cegah DB, Perumahan Difogging BERINGIN-Warga perumahan di Taman Beringin Elok Kelurahan Beringin, kemarin melakukan fogging di seluruh wilayah RW 13. Fogging yang dilakukan dengan swadaya tersebut selain mencegah juga terkait adanya salah satu warga di RT 06/RW 13 yang terkena gejala demam berdarah (DB). Menurut Ketua RW 13, Yudha Prasetya, fogging memang inisiatif warga karena khawati nyamuk Aiedes Aigepty semakin berkembang di wilayahnya. Selain itu warga juga diimbau untuk tetap rutin melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN),” ujarnya. Menurut Yudha, penyemprotan atau fogging ini sebagai langkah yang bisa dilakukan warga dan sifatnya sementara. Untuk selanjutnya warga untuk rutin menjaga kebersihan lingkungannya sendiri. “Kami juga cemas bila wabah penyakit demam berdarah bisa meluas. Karena penyakit ini sangat mematikan dan sampai sekarang belum ada obatnya,” katanya. Joko, salah satu warga RT 04/ RW 13 mengaku senang adanya fogging yangdilakukan secara swadaya. Inisiatif ini sangat positif sebelum penyakit demam

Jalin Silaturahmi lewat Pengajian GaYaMSaRI-Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Pepatah itu mungkin dapat menggambarkan pada kegiatan warga di RW 03 Kelurahan Gayamsari, Kecamatan Gayamsari. Pasalnya, kegiatan pengajian warga yang rutin dilakukan tiap bulannya ini selain menambah keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT, sekaligus mempererat tali silahturahmi antarwarga. Menurut warga, rutinitas pengajian Jumat Pon ini sudah dilakukan sejak lama oleh warga RW 03. Dan sampai sekarang masih terus dilakukan oleh warga setempat dan pelaksanaannya dilakukan secara bergantian antar-RT yang bertujuan agar warga bisa lebih mengenal wilayahnya sendiri. Lurah Gayamsari, Layli Widyaningtyas menyambut positif terhadap kegiatan warganya tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat baik untuk dilakukan khususnya untuk warga RW 03. “Tiap Jumat Pon, pengajian ini memang dilakukan dan diisi dengan tausiyah yang berbeda-beda, agar tidak bosan,” ungkapnya. Layli mengatakan, warga di wilayah RW 03 antusias dalam kegiatan keagamaan ini semestinya juga bisa diikuti oleh warga lain. Kebersamaan inilah yang mencerminkan kerukunan antarumat beragama. “Dengan berkumpulnya warga tentu saja mereka bisa saling lebih mengenal. Karena sebagian besar warga di sini para pekerja yang sibuk,” katanya. (wam/gus)

HARSEM/LISSA FEBRINA

Pelaksanaan fogging dilakukan secara merata hingga di dalam rumah warga berdarah meluas. “Semua juga dibutuhkan kepedulian warga dengan memberikan perhatian terhadap kebersihan lingkungan. Karena

serangan nyamuk demam berdarah bisa sewaktu-waktu datang,” katanya. Joko menambahkan, untuk membunuh adanya jentik

Kukuh Sudarmanto No 451.12/1953 Mei 2011 bagi pegawai yang penghasilannya sudah mencapai nishab atau sekitar Rp 2,681 juta ke atas untuk memberikan zakat 2,5% dari gajinya.

nyamuk yang muncul di kali atau selokan, kebersihan lingkungan juga menjadi tanggungjawab semua warga. “Sebagai warga kita harus meningkatkan

Genangan Air Bikin Jalan Rusak

HARSEM/WARA MERDEKAWATI

Jalan Bandarharjo Selatan saat ini tidak nyaman untuk dilewati

BaNDaRHaRJO-Karena sering tergenang air menyebabkan Jalan Bandarharjo Selatan hingga kini makin rusak parah. Kondisi ini sangat mengganggu aktivitas warga yang memanfaatkan jalan tersebut. Menurut warga, tahun ini perbaikan Jalan Bandarharjo Selatan Raya menjadi prioritas Bina Marga Kota Semarang. Meski kapan akan diperbaiki, namun warga tetap berharap ada perubahan. Berdasarkan pantauan di lapangan, jalan tersebut selain rusak juga becek jika setelah diguyur hujan lebat. Karena banyak jalan yang lubang cukup dalam sehingga sering digenangi air. Agung, warga setempat mengatakan, kerusakan jalan

Zakat di Semarang Selatan Lancar

SEMaRaNG SELaTaN-Proses pelaksanaan zakat lewat Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Semarang di lingkungan Kecamatan Semarang Selatan sudah berjalan lancar. Berdasarkan SK Walikota

mereka yang diagungkan di bank. “Selain itu warga juga diminta melakukan balik nama atas kepemilikan tanah mereka dan segera mengurus surat pelepasan tanah dari pihak Yayasan Sugiyapranoto,” katanya. Menurutnya, dari semua persyarakat tersebut warga sudah menyatakan siap dan akan melakukan mulai Minggu depan. Dari 32 warga yang akan direlokasi terdapat 12 tanah milik warga yang diagungkan ke bank. “Pihak kecamatan dan Yayasan

maksimal, imbauan walikota 2,5% dari gaji pegawai akan diterapkan. Karena bila langsung dilakukan pemotongan gaji pasti akan timbul pro dan kontra,” cetusnya. Dipaparkan, sebagai wujud dari hasil pemberian zakat di Kecamatan Semarang Selatan beberapa bulan lalu sudah diwujudkan untuk pembangunan mushola di dekat kantor kecamatan. Meski untuk saat ini sebagian zakat dari pegawai belum sepenuhnya disetorkan ke BAZ Kota Semarang. “Tapi yang jelas, target kami dua kali dalam setahun akan menyetorkan ke BAZ Kota Semarang, mengingat di sini juga ada panitianya,” tegasnya. Ditambahkan, saat ini berbagai cara juga terus dilakukan agar para pegawai di lingkungannya sadar akan pentingnya pemberian zakat. “Di antaranya dengan mengundang seorang kiai/ ustadz lewat siraman rohani dan bimbingan mental. (gus)

lama. Pernah dilakukan perbaikan pada 2011, namun karena sering tergenang air membuat aspalnya mengelupas. Menurutnya, kerusakan ini juga semakin parah karena banyaknya truk yang melintas di jalan tersebut. “Dulu jalannya aspal, tetapi sering basah karena banjir dan dilewati truk sehingga aspal cepat mengelupas,” terangnya. Ditambahkan, perbaikan jalan tersebut sudah menjadi prioritas Dinas Bina Marga 2012 dan rencananya Jalan Bandarharjo Selatan akan dibeton. “Jalan yang rusak akan disambung dengan betonisasi. Untuk antisipasi sementara, terkadang warga juga swadaya mengurug jalan,” pungkasnya. (wam/gus)

HALAmAn ini khusus disediakan bagi warga masyarakat, lembaga instansi pemerintahan dan swasta, lembaga sosial kemasyarakatan, lembaga keagamaan. Silakan kirimkan foto-foto kegiatan yang bernilai berita ke redaksi. Foto harap disertai keterangan singkat dan dapat langsung dikirimkan ke redaksi maupun via email: harian.semarang@yahoo.com. Redaksi akan memuat tanpa memungut biaya. HARSEM/DOK

Camat Semarang Selatan, Kukuh Sudarmanto mengatakan, sistem pelaksanaan zakat di lingkungannya hingga ini sudah berjalan, namun masih sederhana. Untuk mewajibkan para pegawai melakukan zakat, pihaknya masih menggunakan kotak zakat. “Kami belum bisa langsung melakukan pemotongan gaji pegawai 2,5% dari penghasilannya. Saat ini pelaksanaannya sedang dilakukan dengan berbagai tahapan, agar pegawai sadar dan tidak resah,” katanya. Menurutnya, untuk menyadarkan orang akan membayar zakat perlu dilakukan dengan cara hati-hati. Karena tidak semua para pegawai di kelurahan/kecamatan saat memberikan zakat melalui kotak yang disediakan di kecamatan akan berlaku ikhlas. “Apabila pelaksanaan lewat kotak zakat sudah berjalan

tersebut sudah cukup lama. Penyebab jalan rusak karena sering tergenang air sehingga banyak aspal jalan yang mengelupas. “Bahkan kalau setelah hujan jalan menjadi becek dan licin. Pengguna jalan bila lewat sini memang harus hati-hati karena jalannya juga licin,” katanya. Budi, salah satu pengguna jalan juga berharap adanya perbaikan jalan tersebut. Pasalnya, jalan tersebut juga menjadi salah satu akses bagi warga Bandarharjo yang hendak menuju ke arah Tawang. “Kalau bisa segera diperbaiki, karena sudah kalau rusak begini terus,” harapnya. Lurah Bandarharjo, Daliman membenarkan, jalan tersebut memang rusak sudah sejak

kepedulian terhadap kebersihan lingkungan demi menjaga kesehatan kita. Di antaranya juga melibatkan semua kader PKK,” tandassnya. (lif/gus)

PKK Kelurahan Pandean Lamper belum lama ini mengikuti pelatihan pembuatan Bandeng Presto. Menurut Lurah Sri Indrayati bahwa kegiatan tersebut dalam rangka membantu pengentasan kemiskinan

desakundi

RABU, senin, 29 22 Februari Agustus 2012 2011

demak salatiga kendal ungaran purwodadi n

n

n

Wartawan “Bodrex” Gentayangan di Kendal KENDAl-Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti mengeluhkan banyaknya wartawan “bodrex” yang berkeliaran di Kendal. Mereka masuk ke kantor-kantor untuk meminta uang dengan cara membawa kasus yang pernah diberitakan media massa. Mereka belum mau pergi sebelum diberi uang. “Selain wartawan, ada juga yang mengaku LSM,” kata Widya Kandi, ketika berpidato di acara Puncak Hari Pers Nasional, yang diselenggarakan PWI Pokja Kendal. Widya menjelaskan, oknum tersebut bukan wartawan yang tergabung PWI Pokja Kendal. Sebab ia tahu identitasnya. Menanggapi keluhan Widya, anggota komisi A DPRD Kendal, Kartika Nursapta mengaku prihatin. Namun dia juga meminta bupati meninjau kembali kepala dinas yang sering didatangi oknum. Sebab, kemungkinan kepala dinas itu memang mempunyai kesalahan, sehingga tidak berani menghadapi oknum tersebut. “Ada asap pasti ada api. Bupati harus mengecek bawahannya apakah melakukan kesalahan atau tidak,” kata Kartika. Sementara Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Kabupaten Kendal, Zaenal Alimin, menegaskan wartawan yang tergabung dalam PWI Pokja Kendal tidak ada yang menjadi “bodrex”. “Mereka punya tanggung jawab kepada media tempatnya bekerja dan kepada organisasi. Sehingga mereka tidak berani macam-macam,” kata Zaenal. Zaenal menegaskan, sebaiknya segera melapor ke polisi apabila menjumpai wartawan yang memeras. “Jangan takut, segera laporkan polisi bila ada yang memeras,”tambahnya. (ono/nji)

MI & BISNIS

ENGAH

Tol Rampung, Salatiga (Tak) Mati SAlATIGA–Anggapan Kota Salatiga akan mati jika jalan tol Semarang–Solo sudah beroperasi, dianggap keliru. Pasalnya, mati atau tidak tergantung pemerinrah setempat dalam melakukan penataannya. Selain itu, jika Pemkot Salatiga dapat menarik investor untuk melakukan pembangunan maka jalan tol itu tidak akan terlalu berpengaruh terhadap perkembangan kota. Demikian diungkapkan Humas Asosiasi Jasa Konstruksi Kota Salatiga Petrus Yustinus Parito kepada Harsem, Selasa (28/2) kemarin. Dikatakan, pembangunan Kota Salatiga harus jelas arahnya. Menurut dia, saat ini pembangunan Kota Salatiga kurang terarah. Hal ini terlihat banyaknya pembangunan fisik yang akhirnya mangkrak. Seperti Pasar Jetis, Pasar Rejosari yang sejak terbakar beberapa tahun lalu pembangunanya erkatung-katung bahkan tidak jelas, serta JLS sampai sekarang belum selesai. “Kalau dikatakan akan mati setelah jalan tol Semarang–Solo mulai beroperasi, itu tidak bakalterjadi. Kota Salatiga akan tetap hidup dan kita harus ingat sejarah Salatiga,” paparnya. Menurutnya, Pemkot Salatiga harus melihat perkembangan arah pembangunan Kota Salatiga. Jika memang pintu tol nantinya hanya satu, maka harus segera dicarikan solusi agar Kota Salatiga akan semakin berkembang. Selain itu, bagaimana Pemkot Salatiga mengubah atau mengembangkan keramaian kota tidak hanya tersentral di kawasan Jendral Sudirman. Kota Salatiga akan hanya mendapatkan satu pintu tol di daerah Barukan, Tingkir. Banyak pihak memprediksi Kota Salatiga akan menjadi kota mati. Namun, jika penataan kota dilakukan optimal, diyakini Salatiga bahkan semakin berkembang. (hes/nji)

Tersangka Korupsi PDAU Segera Ditetapkan SAlATIGA–Tersangka dugaan korupsi di Perusahaan Daerah Aneka Usaha ( PDAU) Kota Salatiga akan ditetapkan Polres Salatiga. PDAU bermasalah pada masa kepemimpinan Ady Soetardjo. Untuk menetapkan tersangka, diperlukan data dan bukti kuat. Tanpa itu, penyidik tidak akan berani. Kapolres Salatiga AKBP Asep Jenal Ahmadi melalui Kasatreskrim AKP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan, penyidik masih mengumpulkan bukti tambahan untuk calon tersangka, yaitu mantan direktur PDAU Kota Salatiga Ady Soetardjo. Selain itu, diperlukan keterangan saksi ahli maupun auditor dari pihak BPK. Auditor untuk menghitung kerugian negara dalam kasus tersebut. “Penyidik telah melakukan pemeriksaan 19 saksi. Bahkan, telah menyita sejumlah barang bukti. Para saksi di antaranya pejabat maupun mantan pejabat Pemkot Salatiga serta beberapa staf PDAU. Barang bukti berhasil diamankan di antaranya dokumen dan kwitansi-kwitansi yang dikeluarkan PDAU,” jelas Rudy. Ditambahkan, penyidik masih terus mengumpulkan buktibukti pendukung lain untuk kelengkapan data maupun sebagai barang bukti. Saksi yang telah diperiksa berulang di antaranya mantan Walikota Salatiga John Manuel Manoppo maupun mantan Direktur PDAU Ady Suprapto. Apabila keterangan saksi sudah dinilainya mencukupi, langkah penyidik adalah menetapkan tersangka. Didesak naman calon tersangka, Kasat Reskrim tak bersedia menyebut. (hes/nji)

n

Tak Laik, Empat Bus Ditilang Oleh Heru Santoso Bus PO Mitra jurusan Purwokerto-Solo ditilang karena kondisinya tak laik jalan. Tiga bus lain diamankan di terminal Tingkir Salatiga karena masalah serupa.

S

EBANYAK 4 bus ditilang oleh petugas Dinas Perhubungan Komunikasi Budaya dan Pariwisata (Dishubkombudpar) Kota Salatiga di terminal Tingkir Salatiga, kemarin. Mereka ditilang karena melakukan pelanggaran. Kepala Dishubkombudpar, Bustanul Arifin mengatakan bahwa tujuan operasi atau razia diantaranya untuk melakukan pengecekan langsung kelayakan angkutan umum, pengecekan izin trayek maupun kartu pengawas kendaraan. Dikatakan pula, rata-rata pelanggaran adalah matinya kartu pengawas serta kelengkapan kendaraan sudah tidak standar. “Sebagai contoh, bus PO Mitra jurusan Purwokerto–Solo nopol AA 1466 BE. Ban tidak standar bahkan ban roplakan. Kaca spion kanan kiri tidak sama bahkan tidak standar, kaca bis pecah, wipernya bukan wiper bus, serta kartu pengawas sudah tidak berlaku atau mati,” jelasnya. Meski tidak memenuhi standar, anehnya bus berhasil mendapatkan izin dari tempat asalnya. Secara administrasi dari Dishub Magelang diizinkan untuk jalan padahal sebagian besar tidak standar. “Akhirnya bus ditilang dan tidak melanjutkan perjalanan ke Solo,” jelas Bustanul didampingi Kepala UPTD Terminal Salatiga H Slamet Muzamil kepada Harsem, di terminal Tingkir. Ditambahkan, untuk pelanggaran

Kepala Terminal Tingkir H Slamet Muzamil ketika memeriksa kelengkapan bus kartu pengawas yang mati itu langsung ditilang. Tetapi tilang rupanya tak menimbulkan efek jera. Untuk membuat efek jera, Dishub harus bekerjasama dengan kepolisian untuk menahan kendaraan tersebut. Untuk operasi atau razia di terminal ini sepenuhnya menjadi kewenangan dari Dishubkombudpar Kota Salatiga. Sementara, Kepala UPTD Terminal Tingkir H Slamet Muzamil mengaku, bahwa razia ini akan secara rutin digelar bahkan akan segera bekerjasama dengan Polres Salatiga khususnya Satlantas Polres Salatiga untuk melakukan razia di luar terminal Tingkir. Muzamil juga merasa heran, khususnya dengan PO

Pembebasan Pabrik Tunggu Ganti Rugi UNGARAN-Pembebasan lahan milik tiga perusahaan di Ringin Putih, Kecamatan Bergas untuk proyek pembangunan jalan tol Semarang-Solo seksi II Ungaran-Bawen diperkirakan rampung bulan depan. Saat ini menunggu penetapan harga ganti rugi mesin dan bangunan oleh tim appraisal. Ketua Tim Pengadaan Tanah (TPT) Waligi menjelaskan, ketiga perusahaan tersebut yakni PT Jati Kencana Beton (JKB), PT SAF, dan perusahaan karoseri truk, dengan total luas lahan mencapai sekitar 19.000 meter persegi. “Kami pastikan bulan depan pembebasan lahan tiga perusahaan tersebut rampung. Saat ini tinggal menunggu penetapan harga ganti rugi mesin dan bangunan dari tim appraisal,” jelas Waligi, kemarin. Menurut dia, ganti rugi harga tanah sudah lebih dulu ditetapkan. Yakni Rp 550.000 per meter persegi. Pembayaran sudah dilakukan 2010 lalu. Saat ini tim appraisal sudah mendatangi ketiga perusahaan untuk mengumpulkan data kajian penetapan harga ganti rugi mesin dan bangunan. “Pekan lalu sudah dilakukan pengumpulan data untuk kajian penetapan harga. Penyelesaian pembebasan tiga perusahaan itu TPT harus menunggu penetapan dari tim appraisal,” jelasnya. Terkait tuntutan perusahaan yang menghendaki agar pihak TPT sekaligus membayar sisa lahan pembebasan, Waligi menegaskan, hal tersebut dapat direalisasi bila sesuai aturan yang berlaku. Diungkapkan, pihaknya berhak melakukan pembelian sisa lahan yang ukurannya kurang dari 100 meter persegi per bidang. Dengan ketentuan sisa lahan tidak bisa digunakan untuk mendirikan bangunan pemiliknya. “Kalau sisa lahan memenuhi persyaratan, pemilik bisa mengajukan kepada TPT untuk dibeli,” papar dia. Sebelumnya, perwakilan PT JKB, Dahwan kepada wartawan mengatakan, sejauh ini pihaknya belum memperoleh kepastian informasi pembebasan. “Masih simpang siur belum ada kepastian. Bahkan kabarnya tim appraisal yang bertugas menetapkan harga ganti rugi mesin dan bangunan hingga kini belum terbentuk,” katanya. Dahwan menegaskan, pihaknya tidak ingin berargumen masalah pembebasan lahan sebelum ada penetapan ganti rugi dari tim appraisal. “Untuk apa kita bicara masalah pembebasan kalau belum ada penetapan ganti rugi,” tandas dia. Dikatakan pula, dulu memang pernah ada tim yang melakukan pendataan terhadap kondisi mesin dan bangunan milik PT JKB. Namun hingga kini pihaknya belum menerima laporan hasil pendataan. “Kalau tak salah yang melakukan pendataan itu baru pra tim appraisal, belum appraisal langsung. Jadi kami tak ingin terburu-buru menyikapi, sebelum ada penetapan ganti rugi mesin dan bangunan,” tukas dia.(ino/nji)

Mitra, mengapa pihak kelengkapan bus jauh dari standar dapat dikeluarkan surat izin dapat keluar. Ini sangat disayangkan. “Lihat saja Mas, ban bus tidak standar dan semuanya menggunakan ban roplakan (vulkanisir). Kaca spion asalasalan, kaca depan bis pecah ditutup dengan solasi, kartu pengawas mati, tetapi dinas terkait asal bus tersebut ternyata mengeluarkan izin. Kami mau menindak, secara administrasi ada izin resmi yang dikeluarkan dari tempat asal. Ini yang menjadi kendala,” tandas Muzamil. Beberapa mandor/pegawas bus menyayangkan razia digelar di kompleks terminal. Pasalnya, beberapa mandor

HARSEM/HERU SANTOSO

bis dari PO lain yang mengetahui suratsuratnya tidak lengkap dijamin tidak akan masuk terminal. Bahkan, ada yang nekat berhenti di suatu tempat atau untuk sementara tidak jalan. “Kami heran, razia selalu digelar di dalam terminal. Dengan razia ini, jelas bus yang suratnya tidak lengkap maka mandor atau pengawasnya akan menghubunginya untuk tidak masuk terminal. Terus terang, ada salah satu PO jurusan Wonogiri–Semarang tidak berani masuk terminal karena surat-suratnya tidak lengkap bahkan telah mati 5 tahun,” kata Herry (42), salah satu mandor/ pengawas PO Safari jurusan Semarang– Solo. (nji)

Buron 4 Tahun, Perampok Diringkus UNGARAN-Dua buronan kasus perampokan diringkus petugas Satreskrim Polres Semarang, baru-baru ini. Mereka adalah Mulyono (45) warga Jlegong, Bejen, Temanggung dan Suripto (40) warga Gondang Wayang, Kedu. Dari tangan keduanya polisi menyita linggis dan tang yang digunakan saat beraksi. Saat ini para tersangka diamankan di Mapolres Semarang untuk menjalani proses hukum. Kapolres Semarang AKBP IB Putra Narendra didampingi Kasat Reskrim AKP Agus Puryadi menjelaskan, tersangka Mulyono dan Suripto adalah target operasi (TO) Polres Semarang sejak 2008. Keduanya terlibat aksi perampokan bersama tiga pelaku lainnya, yakni Subandi, Amin serta Prayitno di rumah Abdul Rois (40) warga Dusun Ngesal RT 02/RW 06, Desa Delik, Tuntang, Kabupaten Semarang 6 Agustus 2008. “Otak perampokan Subandi yang merupakan tetangga korban. Dia mengajak empat pelaku asal Temanggung untuk beraksi di rumah Abdul Rois yang diketahui memiliki uang banyak,” terang Kasat Reskrim AKP Agus Puryadi, kemarin. Penangkapan Mulyono berawal dari informasi yang menyebutkan dia sudah kembali ke kampungnya dan kerja sebagai pathok (makelar) di pasar hewan Sukorejo, Kendal. Selanjutnya polisi melakukan pengintaian dan menangkapnya. Dalam penyelidikan Mulyono mengaku beraksi bersama Suripto. Setelah dipancing dengan telepon, akhirnya Suripto dibekuk. “Tersangka Suripto ditangkap setelah sebelumnya dipancing melalui ponsel untuk menemui Mulyono, yang beralasan sepeda

motornya rusak,” jelas Agus. Diungkapkan, saat ini tiga tersangka lainnya, yakni Subandi sedang menjalani tahanan di LP Ambarawa. Sedangkan tersangka Prayitno menjalani penahanan di LP Temanggung karena melakukan 5 perampokan. Tersangka Amin sudah meninggal akibat sakit. Saat ditemui di Mapolres Semarng, Mulyono mengatakan aksi diotaki Subandi, dengan meminta tersangka Amin merampok tetangganya. Selanjutnya Amin mengajak Mulyono, Prayitno dan Suripto. Keempat rampok tersebut berangkat dari Magelang naik bus menuju ke terminal Bawen. Setelah dijemput Subandi, kawanan tersebut sempat bersembunyi di kebun kopi, sebelum akhirnya beraksi di rumah Dul Rois sekitar pukul 02.00 dini hari. Dikatakan, dalam aksinya kawanan masuk ke rumah korban dengan cara mencongkel jendela. Saat yang lain beraksi masuk ke rumah, Suripto berjaga di luar. Korban Dul Rois dan istrinya Triamah (44) yang melihat rumahnya dimasuki kawanan perampok, langsung berteriak. Namun mereka dihajar dan diikat. Selanjutnya kawanan menguras lemari korban dengan menggasak uang sebanyak Rp 8 juta dan sejumlah perhiasan. “Saya tidak dapat bagian, karena semua hasil perampokan dibawa Amin,” aku Mulyono. Tersangka Suripto membantah semua keterangan yang diberikan Mulyono. Ia mengelak terlibat perampokan di rumah Dul Rois. “Saat kejadian itu saya di rumah. Saya berani bersumpah, kalau saya tidak ikut,” kilah dia. (ino/nji)

Hari Ini Unisfat Gelar Wisuda

Sejumlah mahasiswa dan pejabat Unisfat mengikuti gladi resik wisuda, kemarin

HARSEM/SUKMA WIJAYA

DEMAK-Kubu Suemi menilai dualisme di tubuh Universitas Sultan Fatah (Unisfat) sudah selesai. Mereka juga mengklaim wisuda yang akan digela hari ini, sah. Namun sejumlah mahasiswa khususnya dari Fakultas Agama Islam (FAI) masih belum menerima. Mereka mengadukan kisruh ke DPRD Demak, kemarin. “Kami ingin kisruh segera selesai agar mahasiswa bisa kuliah dengan mantap tanpa kendala apapun,” pinta Ketua BEM Unisfat, Nur Afifah ketika beraudensi dengan DPRD Demak, Selasa kemarin (28/2). Sedikitnya 10 mahasiswa dari FAI diterima Wakil Ketua DPRD Mugiono dan Sekretaris Komisi D Nur Wahid. Para mahasiswa meminta Komisi D memfasilitasi persoalan di Unisfat dengan menghadirkan dua kubu rektorat. Mugiono yang juga Sekretaris Yayasan Sultan Fatah menjelaskan perjalanan Akte Yayasan yang hanya satu namun harus diperbaharui karena tuntutan undang-undang yang berlaku.

Persoalan fitnah yang diterima, Mugiono tak mempermasalahkan, “Saat saya membenahi Unisfat sempat menemukan tujuh rekening atas nama dekan dan lainnya. Seharusnya rekening cukup dua, yaitu atas nama yayasan dan rektorat,” kata Mugiono. Dia menjelaskan bantuan Pemkab Rp 100 juta tahun 2011 sudah diambil oleh Sukandar. Bahkan pemasukan dari pembayaran SPP sejak tahun 2011 tidak ada laporannya, Mugiono merasa berterima kasih bila para mahasiswa bisa membantu mengusut kemana larinya uang tersebut. “Saya akan berikan fotokopi SK Rektor Suemi kepada mahasiswa, bila Anda bisa membarter diberikan ke saya SK Rektor Sukandar,” tantang Mugiono. Lanjutnya, soal SK Rektor Suemi sudah resmi dan wisuda hari ini (29/2) resmi karena sudah mendapat izin dari Kopertis. Terpisah, Dosen FAI Khoirul Saleh dan mahasiswa, akan melaporkan ke Badan Kehormatan DPRD, terkait adanya wisuda dan diduga ijasah

mahasiswa tidak sah karena ditanda tangani rektor yang masih bermasalah. “Pak Mugino akan kami laporkan ke DPRD atas penggunaan dana milik Unisfat sebesar Rp 50 juta dan belum dikembalikan,” kata Khoirul Saleh. Terpisah, Suemi mengatakan wisuda akan tetap digelar hari ini (29/2) di Gedung Paripurna DPRD Demak. Wisuda ini harus diselenggarakan karena sudah melampaui kalender akademik. “Wisuda harus segera dilaksanakan selain menjadi hak mahasiswa setelah menyelesaikan kuliah. Apalagi sudah melampaui kalender akademik,” tegas Suemi saat memantau gladi resik kemarin. Pihaknya tidak mau hanyut dengan persoalan dualisme rektorat. Dia mengklaim keabsahan ijasah bisa dipertanggungjawabkan karena ada tanda tangan rektor yang sah. Wisuda akan diikuti 70 mahasiswa dari tiga fakultas, yaitu fakultas ekonomi dan ilmu sosial, fakultas tehnik, dan fakultas agama Islam. (swi/nji)

ekonomi & bisnis Maskapai Sriwijaya Air

Tujuan

Jam Berangkat

Sby

10.40 (Daily) 18.15 (Operate Jumat & Minggu)

Jkt

06.20, 11.20 (Daily) 18.10 (Daily) 12.35 (Daily)

Bjmsn

Mobil Tanki Pertamax Diluncurkan Penjualan Pertamax Rendah

PerTaMina Unit Pemasaran IV Jawa Tengah dan DIY mengakui penjualan Pertamax masih rendah daripada Premium. “Penjualan Pertamax per hari 120 ribu liter, sedangkan penjualan Premium bisa mencapai 9 juta liter per hari. Jadi, disparitas penjualan sangat jauh,” kata GM Fuel Retail Marketing Pertamina Region IV Rifky E Hardijanto di Semarang, kemarin. Rifky mengatakan, penjualan rendah Pertamax tersebut karena masyarakat lebih memilih membeli Premium yang lebih murah harganya. “Sulit membuat orang menggunakan Pertamax, kecuali bagi mereka yang pencinta otomotif dan peduli terhadap mesin kendaraannya. Oleh karena itu, public education terus dilakukan,” katanya. Untuk di Jawa Tengah, Rifky menambahkan, saat ini penjualan Pertamax paling bagus di daerah Kendal yang mencapai 2.000 hingga 3.000 liter per hari, sementara di SPBU yang lain masih kurang dari 500 liter per hari. “Peningkatan penjualan Pertamax, sudah menjadi target bersama. Apalagi kondisi perekonomian semakin bagus, seharusnya mereka yang mengonsumsi Pertamax juga lebih banyak,” katanya. Jika tahun 2011 penjualan Pertamax 38 ribu kilo liter per tahun, lanjut Rifky, tahun ini ditarget penjualan Pertamax meningkat menjadi 80 ribu kilo liter per tahun. (tab)

Bjmsn- 14.50 (Daily) Smg Garuda Indonesia

Jkt

06.05, 07.35, 09.20, 10.55,12.35, 14.55, 16.00, 17.00, 18.35

Batavia Air

Jkt

08.30, 17.30 (Daily)

Lion Air

Jkt

06.50, 11.40, 15.15

Sumber : Bandara A. Yani Semarang *) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Daftar Harga Sembako Beras C4 Super C4 Gula Pasir Minyak Goreng Kemasan Tanpa kemasan Daging sapi Daging ayam Telur Elpiji 3 kg Elpiji 12 kg Cabai Merah besar Merah keriting Rawit Bawang merah Bawang putih Minyak tanah Mentega kemasan Kedelai Jagung

Rp 7.000/kg Rp 6.500/kg Rp 10.250/kg

5

rabu, 29 Februari 2012

GM Fuel Retail Marketing Region IV Rifky E Hardijanto melakukan penekanan tombol pengisian BBM Pertamax ke dalam mobil tanki HARSEM/NUR HIDAYAT

Rp 12.400/kg Rp 10.000/kg Rp 58.000/kg Rp 22.000/kg Rp 16.000/kg Rp 13.000 Rp 74.000

Oleh nur hidayat Pertamina kemarin meluncurkan mobil tanki khusus untuk angkutan Pertamax.

Rp 15.000/kg Rp 8.000/kg Rp 18.000/kg Rp 20.000/kg Rp 23.000/kg Rp 8.500/l Rp 4.700/200 gram Rp 6.500/kg Rp 5.000/kg

K

eberadaan mobil tanki yang mampu melayani dua SPBU sekaligus ini, diharapkan tidak akan ada lagi keterlambatan penyaluran Pertamax ke SPBU. Sebagai pilot project, mobil tanki khusus ini baru tersedia untuk pelayanan Pertamax yang disuplai dari instalasi Pengapon. Mobil ini memiliki kapasitas 10 kiloliter (KL), terdiri

dari dua kompartemen masingmasing 5 KL dengan ketentuan khusus sesuai standar prosedur operasi yang ditetapkan Pertamina. “Pada kesempatan ini kami meluncurkan satu unit mobil yang melayani penyaluran dari instalasi Pengapon. Satu unit lagi sudah disiapkan untuk kapasitas 2 x 4KL. Selanjutnya, kami akan menyediakan pula angkutan khusus ini di seluruh depot yang ada di Jateng dan DIY, dengan volume bervariasi. Kegiatan penyiapan ini kurang lebih akan memakan waktu dua bulan,” ujar GM Fuel Retail Marketing Region IV Rifky E Hardijanto, usai peluncuran mobil tanki khusus Pertamax, kemarin. Dari sebanyak 691 SPBU

yang ada di wilayah Jateng-DIY, 487 SPBU di antaranya telah menyediakan Pertamax. Sementara, di seluruh depot dan instalasi milik Pertamina wilayah pemasaran Jateng-DIY yaitu Rewulu, Boyolali, Maos serta Tegal, sudah tersedia fasilitas tanki penimbunan untuk Pertamax. Sehingga dengan diluncurkannya mobil tanki khusus ini akan sangat membantu pendistribusian Pertamax. Tebus bbM Sebagaimana diketahui, selama ini pengusaha SPBU harus menebus pembelian BBM sebanyak 8.000 liter dengan nilai rupiah sebesar Rp65 juta. Padahal dalam beberapa waktu terakhir, penjualan Pertamax

mengalami penurunan. Rata-rata penjualan Pertamax di beberapa SPBU hanya berkisar 3040 liter per hari. Artinya, persediaan Pertamax sebanyak 8.000 liter baru bisa habis dalam waktu kurang lebih 6 bulan. “Dengan mobil tanki berkapasitas 5 KL ini, diperkirakan akan bisa habis dalam waktu empat bulan. Artinya hal ini akan mengurangi resiko fluktuasi harga yang memang sering terjadi pada Pertamax, dimana harganya menyesuaikan harga minyak dunia,” ujar Rifky. Akibat disparitas harga antara BBM Premium dan Pertamax yang kian meninggi, pada tahun lalu penjualan Pertamax turun. Realisasi penjualan yang tercapai

hanya sebesar 35% di bawah target. Diharapkan dengan pengadaan mobil tanki ini, volume penjualan akan meningkat hingga 10%. Sementara itu, Ketua DPC Hiswana Migas Semarang Trianto Cahyo Legowo mengatakan, keberadaan mobil tanki khusus Pertamax ini sangat membantu para pengusaha SPBU terutama dalam mengurangi biaya penebusan Pertamax. “Dengan adanya mobil tanki berkapasitas 2x5 KL ini biaya penebusan kami menjadi lebih kecil. Selain itu resiko kami juga menjadi lebih kecil dibandingkan jika kami harus mengadakan BBM Pertamax sebanyak 8 KL,” tuturnya. (tab)

Sumber : Pantauan dari Pasar Tradisional Semarang serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang

Bandara A Yani Tolak Tambahan Flight

HARSEM/DOK

Buruh rokok borongan belum terjaring sama sekali oleh Jamsostek

Jamsostek Bidik Buruh Rokok Borongan PT Jamsostek (Persero) mulai membidik buruh rokok borongan yang banyak terdapat di Kudus. Potensi yang cukup besar ini belum terjaring sama sekali oleh Jamsostek. Kendala kemampuan finansial mereka menjadi hambatan utama. Kepala Kantor PT Jamsostek (Persero) Cabang Kudus Rinaldi Damora mengatakan, saat ini terdapat kurang lebih 80.000 orang buruh borongan di perusahaan rokok di Kudus. Dari jumlah tersebut tidak satu pun yang menjadi peserta Jamsostek. “Hingga saat ini belum ada satu pun buruh borongan yang menjadi peserta Jamsostek, karena keterbatasan kemampuan finansial mereka. Ini sangat berbeda dengan buruh harian yang upahnya lebih pasti. Kami merencanakan tahun ini akan kami garap,” ujarnya. Ditambahkan, kepada buruh borongan tersebut akan ditawarkan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK). Namun untuk formulanya masih terus dicari, agar kemampuan keuangan buruh borongan cukup untuk memenuhi iuran kepesertaan. “Sebenarnya masih ada Jaminan Hari Tua. Namun untuk teknisnya kami masih membicarakan dengan PPRK (Persatuan Perusahaan Rokok Kudus), mengingat upah mereka tergantung pada hasil produksi,” lanjutnya. Untuk kepesertaan buruh borongan, tahun ini pihak Jamsostek Cabang Kudus menargetkan 10.000 orang telah bergabung dalam kepesertaan Jamsostek. Sementara dari buruh rokok harian, sejak bulan April 2010 hingga sekarang tercatat sebanyak 15.000 buruh telah bergabung dengan Jamsostek. Di Kudus, saat ini terdapat tujuh perusahaan rokok induk, di antaranya PT Djarum, PT Rokok Sukun, PT Nojorono dan PT Gentong Gotri. Sebelumnya selama 12 tahun, PPRK mengelola sendiri jaminan sosial tenaga kerja para buruh melalui Pusat Koperasi Karyawan Industri Rokok Kudus (PKKIRK). (nuh/tab)

PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang menolak pengajuan izin tambahan frekuensi penerbangan oleh sejumlah maskapai, menyusul keterbatasan kapasitas apron bandara internasional di ibukota Jateng itu. General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang Priyo Jatmiko mengatakan maskapai Batavia Air tak mendapat persetujuan, karena slot time sudah sangat padat. Batavia Air selama ini melayani rute penerbangan Semarang-Jakarta dengan frekuensi satu kali setiap hari dan Semarang-Singapura empat kali dalam sepekan. “Kami tidak bisa mengabulkan pengajuan tambahan flight karena apronnya terbatas,” ujarnya, belum lama ini. Saat ini, lanjutnya, kapasitas apron hanya sanggup menampung lima unit pesawat Airbus atau setara enam unit pesawat Boeing dengan 60 flight. Alasan lainnya, pihaknya ingin memberikan kesempatan kepada maskapai lain untuk menerbangi Semarang. Sebagai contoh, maskapai AirAsia yang akan mengoperasikan penerbangan Semarang-Jakarta dua kali sehari pada awal Maret mendatang setelah sukses membuka rute Semarang-Kuala Lumpur pada awal Februari ini. Menyusul kemudian, Indonesia Air Transport berencana mengoperasikan rute SemarangPangkalan Bun dengan frekuensi dua kali sehari pada pertengahan Maret. Ada pula Susi Air yang akan membuka rute SemarangCilacap dengan frekuensi satu kali sehari. Selain itu, Royal Pasifik juga akan menerbangi SemarangJakarta dua kali sehari. “Semuanya

HARSEM/CUN CAHYA

Bandara A Yani terbatas kapasitas apronnya akan beroperasi Maret, bisa pertengahan atau akhir bulan. Saat ini izin sedang diproses di Ditjen Perhubungan,” tuturnya. Sangat Mendesak Priyo menuturkan diliriknya Bandara Ahmad Yani oleh banyak maskapai menandakan pengembangan bandara sudah

sangat mendesak. Terlebih lagi dengan jumlah penumpang yang terus meningkat dari 2.500-3.000 orang per hari pada tahun lalu menjadi sekitar 3.800 orang saat ini. Kondisi itu, yang mendorong pengembangan bandara harus terus dikebut dengan rencana memperluas apron menjadi 63.000

m2 dari 29.000 m2 saat ini, sehingga mampu menampung 10 pesawat berbadan lebar. Pihaknya juga akan memperluas terminal penumpang dari 6.708 m2 menjadi 26.000 m2. Selain itu, bandara juga digagas memiliki public area dengan tambahan fasilitas wisata kuliner dan aviasi serta rutin menggelar

kegiatan seni dan budaya. “Kami tidak ingin Bandara Ahmad Yani sekadar menjadi lintasan, dalam arti hanya menjadi tempat orang naik dan turun pesawat. Kami ingin bandara ini juga menjadi tempat keluarga berkumpul dan bercengkerama tanpa mengganggu pengguna jasa,” ujarnya. (tab)

Sinar Mas Targetkan Premi Rp 3,5 M SeTelah sukses membukukan pembayaran premi Rp1,9 miliar tahun 2011 lalu, PT Asuransi Sinar Mas (ASM) Wilayah Semarang tahun ini menargetkan pembayaran premi sebesar Rp3,5 miliar atau meningkat 84,21%. Target ini dianggap sebagai target ambisius, mengingat jumlahnya yang hampir dua kali lipat di tengah persaingan yang ketat. Branch Manager PT Asuransi

Sinar Mas Semarang Edy Triyono mengatakan untuk memenuhi target tersebut, pihaknya akan menggandeng 425 partner. Jumlah ini meningkat lebih dari 100% dari jumlah agen tahun lalu sebanyak 210 partner di Semarang. Sementara itu, secara nasional PT ASM menargetkan pembayaran premi bruto dari jalur agensi sebesar Rp150 miliar dengan target 20 ribu partner. Pada tahun 2011,

pemasaran melalui agensi berhasil membukukan premi bruto sebesar Rp100,2 miliar, dengan dukungan 7.000 partner, 900 di antaranya merupakan partner yang telah berlisensi. “Untuk mendukung pencapaian target ini, kantor pusat akan membuka 10 kantor pemasaran agency baru, sehingga total akan menjadi 25 cabang,” katanya. Pencapaian laba sebelum pajak

dan aset pada tahun lalu juga mengalami peningkatan. Laba sebelum pajak meningkat sebesar 32% menjadi Rp399,41 miliar, sedangkan aset meningkat 20% menjadi Rp3,31 triliun. “Pada tahun ini, manajemen ASM menargetkan premi brutto sebesar Rp4,5 triliun atau naik 20% dari tahun lalu. Dari sisi premi netto, ASM menargetkan naik 20%-30% dari premi netto 2011 menjadi

sekitar Rp1,7 triliun-Rp1,85 triliun,” lanjutnya. Beberapa strategi telah disiapkan demi tercapainya target yang telah ditetapkan. Strategi tersebut antara lain perluasan jaringan dan saluran pemasaran, pengembangan bisnis direct retail, serta terus melakukan inovasi produk dan layanan baru. Selain itu juga terus mengembangkan bisnis yang telah ada sebelumnya. (nuh/tab)

YAIK-BARITO ya iklan baris to! Tarif Iklan Pastikan..!!

JENIS IKLAN Baris Kolom Advertorial Display

BW

SPOT

6.000,-/baris 6.500,-/mmk 8.500,-/mmk 10.000,-/mmk

7.000,-/baris 7.500,-/mmk 9.500,-/mmk 11.000,-/mmk

FULL COLOR 10.000,-/mmk 12.500,-/mmk

KETERANGAN > 2 baris < 10 baris 30 mmk < 200 mmk > 200 mmk > 100 mmk

JENIS IKLAN

BUTUH UANG/BPR

KEHILANGAN

KOS

LOWONGAN

BUTUH UANG Pembiayaan mobil /motor Jaminkan BPKB Proses Cepat Tanpa Survei Bunga mulai 0.5% Takeover. Bisa Hub: 024-70880082 / 085727711297

HILANG STNK NP H 6651 SH an Juliani Budiman Jl. Ciliwung raya No.10A RT 1/5 Muktiharjo Smg

MENERIMA kos2-an putri / mahasiswi / karyawati Jl. Parangbaris 7 no.19 Telp. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372

AGEN BABY SITTER, Jompo, Dpt U/ saku 4jt, Spor, Hkg, Twn, Gj 5jt GRATIS Fee Sponsor 8,5jt. Hub. PT RIMBA (021)84972854, 84971469, 33722294, 70533132, 70582811

0812/IKL/PR/IV/27/11

BUTUH DANA Jaminkan BPKB, Ke KSP Pundi Artha Mas Hub: 024-70529700 0688/IKL/R/X/20/11

ELEKTRONIK

0043/IKL/R/I/17/12

HILANG STNK NP H 3948 RP an Juliani Budiman Jl. Ciliwung raya No.10A RT 1/5 Muktiharjo Smg 0042/IKL/R/I/17/12

HILANG STNK NP H 4513 PP an Novianti Wulandari Jl. Sidoasih I/58 Rt 3/7 Muktiharjo kidul Pedurungan Smg 0041/IKL/R/I/16/12

1021/IKL/R/XII/3/11

MENERIMA Kos2an Pasutri Jl. Parangbaris 7 No.19 Telp. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372 0990/IKL/R/XI/07/11

KULINER

HILANG STNK NP H 5373 UH an Purnomo Jl. Gajah timur dalam IV Rt 2/9 Gayamsari Smg 0039/IKL/R/I/14/12

TOKO PARABOLA Jl Hasanudin G 58 Pasang / servis / Yes TV / Indovision, Hub: 024-70889950 0873/IKL/PR/VI/09/11

JASA PROPERTI DESAIN & SPESIALIS Renov/baru. Rmh, Kost (Free Gbr+Kitchen Set). 70129510 0641/IKL/B/VII/17/11

KEHILANGAN HILANG STNK NP H 4447 DG an Suminto, Tenjomoyo RT 3/1 Banyumanik Smg. 0054/IKL/R/I/29/12

HILANG STNK NP H 4676 DF an Suwarti, Condrorejo RT 3/9 Muktiharjo Kidul Pedurungan Smg. 0053/IKL/R/I/29/12

HILANG STNK NP H 2962 QP an Dewi Ana, kp. Petelan utara RT 3/8 sarirejoSmg. 0052/IKL/R/I/28/12

HILANG STNK NP H 2267 WA an Supangat Wiyono, Genuksari RT.2/9 Smg Smg 0051/IKL/R/I/28/12

HILANG STNK NP H 2289 UG an Jl. Durian Timur 1142 RT 9/1 Smg 0050/IKL/R/I/28/12

HILANG STNK NP H 4877 RF an Ichwan Lukmana, Tirtoyoso I No.25 RT 2/13 Gayamsari Smg. 0049/IKL/R/I/24/12

HILANG STNK NP H 2367 CS an Deddy Kurniawan, Jl. Wotgandul Dalam 1A No.48 Smg 0048/IKL/R/I/24/12

HILANG STNK NP H 6203 UA an Umar Faruk, Tambakrejo RT 4/2 Gayamsari Smg. 0046/IKL/R/I/22/12

HILANG STNK NP H 6312 RP an Umar Faruk, Tambakrejo RT 4/2 Gayamsari Smg 0045/IKL/R/I/22/12

HILANG STNK NP H 3558 QR an Sukiman Pandean lamper IV RT 7/6 Peterongan Smg

HILANG STNK NP H 3647 QP an Riyadi Jl. Grobogan No. 90 Rt.2/3 Pandansari Smg 0038/IKL/R/I/14/12

HILANG STNK NP H 4118 NY an Sulasmi Jl. Rorojonggrang dalam I Rt.5/6 Manyaran Smg 0037/IKL/R/I/14/12

HILANG STNK NP H 4640 BP an Dwi Candra Saputri Karangroto RT 0/RW 06, Genuk, SMG 0036/IKL/AR/I/11/12

HILANG STNK NP H 6155 JR an Suharyo Dk. Pengkol Rt 02/07 Tembalang Smg 0035/IKL/R/I/11/12

HILANG STNK NP H 2764 QS an Sodikin kranggan dalam No. 2716 Smg 0034/IKL/R/I/11/12

HILANG STNK NP H 6135 Y an Indah Asmiati Jl. Gunungpayung Rt 06/03 Bambankerep Ngaliyan Smg

ES BUAH PALING ENAK Se-kota Semarang es buah “ DIRAJA” Putra es Kobar Solo 0660/IKL/R/VIII/27/11

LAIN-LAIN AMAN, legal, BPOMRI, Foredi-Gel 200rb. Pesan antar 085641321999 0975/IKL/R/X/06/11

JUAL GPS Tracking 2,5 jt/unit free berlangganan Web & GPRS selama 1 th Hub : Nanang 081330407550

0931/IKL/R/VIII/03/11

JUAL ALAT PENGHARUM RUANGAN OTOMATIS HUB. 085225518179 0906/IKL/B/VII/22/11

LOWONGAN

0033/IKL/R/I/10/12

HILANG STNK NP H 5480LW an Tuladi Jl. Wonolopo Rt 002/002 Mijen Smg 0030/IKL/R/I/08/12

ADA LOWONGAN MARKETING

0025/IKL/R/I/02/12

HLG STNK NP H 5833 ZS an Lie Khik Boen Jl Permata Merah C 34A Smg 0024/IKL/R/I/26/12

HLG STNK NP H 4258 HF an Sudimanto Jl. Gayamsari V Dalam Rt 003/011 Regong Smg 0023/IKL/R/I/26/12

0044/IKL/R/I/22/12

Johar

0988/IKL/R/XI/03/11

DIBUTUHKAN BEBERAPA

SALESMAN Kami perusahaan Distributor Bahan Baku Roti untuk pabrik roti membutuhkan beberapa salesman. Syarat: - Usia max 30 th - Pendidikan min DIII/SI - Punya motor & SIM

0904/IKL/R/VII/16/11

JUAL MOBIL TOYOTA BU43 DUMP TRUCK 2005 MERAH H 1513 SG. Hub: Artha Asia Finance 024-6700787 0903/IKL/R/VII/16/11

JUAL MOBIL TOYOTA DYNA TRUCK 2000 MERAH H 1465 MC. Hub: Artha Asia Finance 024-6700787

0032/IKL/R/I/08/12

0902/IKL/R/VII/16/11

►ADILA Agency Jl. Imam Bonjol II / 265 Semarang. Telp. (024 - 3511051)

►MANDRA Agency Jl. Rowosari 24, Rt.4/Rw.1 (blkg soto bangkong srondol) semarang. Hp. 081364624211 ►PAIMAN Agency Jl. Cendrawasih (Nusantara motor). Telp. (024 - 70321541)

Jl. Cakrawala. Telp. (024 - 7617666)

Jl. Cendrawasih (Nusantara Mtr)

►CANDI Agency Jl. Pandanaran 30 Semarang (Kantor suara merdeka). Telp. (024 - 8319726 / 081575005800)

►P. TUKIMIN Agency Wartel Lobi Stasiun Tawang ►KUSUMA (Bu Widi) Via Lestari Agc.

►KIN Agency SPBU Kali Babon. Telp. (024 - 70946876)

►KURNIA Agency Pos Ojek Depan Museum Ronggowarsito. Telp. (024 - 70422025)

►YUDI Agency Arteri Soekarno Hatta 29 Semarang. Telp. (024 - 70602050)

►DUTA Agency Jl. Kakap I no.1 Ruko Sebantengan Ungaran. Telp. (024 - 6925050)

►NURI Agency Jl. Setia Budi (depan masjid sukun). Telp. (024 - 7463240)

►TERBIT BARU Agency Jl. HOS. Cokroaminoto 322 Ungaran. Telp. (08179538247)

►USAHA KAWAN Agency Jl. Garuda 23 A Semarang. Telp. (024 - 3517063)

►KOPINDA Jl. Kusumawardani III no 37 Semarang.

►REMAJA ISLAM MASJID ANNAWAWI Gayamsari IV / 1

►WITO Agency Jl. Ngesrep Timur no.1 (wartel adi putra) Tembalang. Telp. (024 - 70315410)

►FITRI Agency (Warto) SPBU Gajah Mungkur. Telp. (081228896228)

►PAK MUL Siliwangi (Sebelah Mbok Berek)

►HARIANI Agency Jl. Plampitan 20 Semarang. Telp. (024 - 3541832) ►ERLANGGA Agency Jl. Erlangga Raya 24 semarang. Telp. (024 - 8313405) ►EKO Agency Jl. MT. Haryono (depan gg trengguli) Telp. (024 - 831955 )

►RIFAI Agency Pom Bensin Kalibabon. (024 - 70095713) ►ABDUL RAHMAN Tegal Sari Raya no. 119 (toko mas is). Telp. (024 - 8452855 / 085641557340 )

►TOPAS Agency Jl. Pamularsih (Belakang museum ronggowarsito). Telp. (024 70125273) ►AS’ARI Agency Jl. Sriwidodo Utara no.6 Semarang. Telp. (024 - 7607488) ►ANEKA MEDIA Agency

►KUSAERI Masjid Al Mashuri-Tugu Telp. (024 - 70414663)

►WONDO Agency Jl. Pandanaran 11 ►SUKRO Jl. Pandanaran 30 ►CANDI Jl. Pandanaran 30 ►SURYANTO Simpang Lima ►DARMA Agency Stadion Diponegoro ►AGEN KAB. DEMAK (Kusdoto) ►AGEN KAB. KENDAL (Wahyu Eka) Jl. Ry Gondang No.15 CepiringKendal (Depan Pom Bensin Gondang) Telp. 081390644888, 0294 - 383207 ►AGEN KAB. SALATIGA

►GASEM Agency Semarang

►ABABIL Agency Salatiga

►KUWADI Agency Depan Pasar Mranggen

►EKO Agency Salatiga

►SANIMAN Agency

“HARIAN SEMARANG” DAPAT DIPEROLEH DI AGEN-AGEN TERDEKAT DI KOTA SEMARANG DAN SEKITARNYA

hariansemarang@yahoo.co.id

PERBANKAN

SALON

RENTAL/TRAVEL SUZUKI SMASH Titan subsidi sampai 1,1jt DP 750rb angs 390rb Hub Lely 08563396086 SUZUKI MAJAPAHIT 0886/IKL/PR/VIII/10/11

PELUANG USAHA PELUANG Emas Mdl rp 1 jt Profit 9% hr nonstop slama 200hari http://www. investsteer.com Hub. Asep 02195446030 / SMS “BERMINAT” Hp.087788477900 0047/IKL/R/I/22/12

BTH MARKTNG Umroh dan Haji Plus cck utk mhswa, Ibu RT, Pensiunan, PNS dan Swasta hasil memuaskan 70155436 0026/IKL/R/I/04/12

BISNIS Investasi FOREX! BURUAN DAFTAR, Modal rp.5jt Profit 45% cck utk pgwi swasta, PNS, Dll. RIZAL SE 022-95404446 / SMS ”DAFTAR” Hp:087780470333 www.mbankshelin.com 0022/IKL/R/I/25/12

ADA PELUANG Bisnis NEW FOREX,Modal Min rp.100rb,Profit 6% perhari selama 300 hari.SMS”BERMINAT”Hp:08778000836702197169200,info www.dexraft.com 0016/IKL/R/I/18/12

JADILAH BOS Bagi diri Anda sendiri. Bekerja dr rumah, potensi pendapatan rata2 1-5 Jt/bln, dgn part/full time. www.wfhweb.com/haris46

DAHSYATNYA INVESTASI FOREX!profit 2,5 juta/hari selama 250 hari (Modal Min.500rb) INFO? www.starttexas.com. ATAU? SMS “PETUNJUK” Hp 081905109444 1029/IKL/R/XII/15/11

PENDIDIKAN

PENGOBATAN Alternatif terapi air putih & zam-zam utk sgl penyakit Hub. Gus Rodi 024-70427247 Kel Mangunharjo Rt 01/02 0010/IKL/R/I/11/12

PIJAT Refleksi semua jenis penyakit sukarela dgn herbal. Hub. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372

1020/IKL/R/XII/3/11

TERAPI Cakra Spiritual (Biaya Sukarela), Gayamsari IV/22, Majapahit SMG. Telp.6706083

0958/IKL/V/IX/03/11

NEW MASSAGE & RILEXS call : Viona 085741812670

1005/IKL/R/XI/22/11

SEDOT lintah, gurah, rapetkan V, ED, Bekam, Telat bln, K-prawan, L sahwat. Kons: Raketkan pasgn, menata aura, buang sial Gayamsari IV/22 Majapahit Smg 6706083

0934/IKL/R/VIII/06/11

LES NGAJI QUR’AN, 085225518179

HUBUNGI

0905/IKL/B/VII/22/11

0866/IKL/PR/VI/09/11

0627/IKL/A/VI/29/11

3JT “PAKET PERKAWINAN” lengkap rias pengantin + dekorasi + foto digital. Hub: 024-70427892 0600/IKL/B/V/05/11

TANAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

0888/IKL/I/VI/24/11

PIJAT PENYEMBUHAN MERIDIAN Dan terapi alat vital, Hub Bp.Budi 085640003160 ada tempat & terima panggilan

BU : JUAL TANAH Di Meteseh, Rumah Di Tembalang Hub. EDO (024) 50218699

SPECIALIS IMPOTEN, ED, dll besarpanjang vital. Jeng Peni, 024 70021514

JUAL/BU: Tanah di Sampangn, tepi jln, 375 jt / Rmh dekat Java Mall, 1,5M (nego) Hub: 085640351333

1004/IKL/R/XI/19/11

0872/IKL/PR/VI/09/11

0868/IKL/PR/VI/09/11

PIJAT Ibu Ida & mas Yulianto. Mengatasi ejakulasi dini, tambah perkasa, lulur & refleksi. Pekunden tengah III 4A Hub: 0248416725 ada tempat bisa dipanggil. 0867/IKL/PR/VI/09/11

DR.BOYKE: OLESAN TAHAN LAMA!! 8 JAM!! (200rb) www.pasutrihot.com Hub 024-91139013 & 0857.4141.9393

DIJUAL RUMAH dr type 21–besar disemua wilayah Smg Hub: 024-74046753 / 081229044750 bisa di KPR cash/kredit. Langsung bertemu pemilik 1024/IKL/R/XII/15/11

DIJUAL RUMAH dr type 21-besar di semua wilayah Smg Hub: 024-74046753 / 081229044750 bisa di KPR cash/kredit. Langsung bertemu pemilik 1022/IKL/R/XII/12/11

DIJUAL RMH HM 4 KT LT.7x12 Hrg 120 jt Nego Jl. Murti Indah 36 Muktiharjo Hub. 081325918989

0863/IKL/I/V/28/11

DIJUAL KAVLING ukuran 12x25M dkt UNNES Sekaran, harga 100jt Hub:081225060117 0858/IKL/PR/V/25/11

DIJUAL TANAH SHM 2269 Luas 7000 M2 Di Pati Hub: 024 48502743 0739/IKL/R/I/06/11

UMROH/HAJI

1019/IKL/R/XII/3/11

JUAL CEPAT rumah Semarang Indah Blok E 2 Lantai Komplit 420jt 085842763159

LES PRIVAT KILAT : Terapi Telinga, buka Aura, Terapi Energi Bio ( Bersihkan neg dalam tubuh) 085842763159

0990/IKL/R/XI/03/11

1021/IKL/R/XII/12/11

TRANS JAYA Shuttle Smg-Jog 45rb, Travel Smg – Pwt 65rb, rental elf/dutro lux 2011, Hub: 082136363678

MELAYANI segala perawatan massage dan lulur. Panggilan. Hub: RINA- 024 70203835

0895/IKL/I/VII/09/11

PEMBIAYAAN

LES PRIVAT Rombongan Matematika RSBI dijamin nilai diatas 8 Hub 0246706482 / 91341819 / 085640522372

RENTAL MOBIL harian/blnan. ELF, Ravelo, Avanza, Xenia, dll. Hub: 02474046753 / 081229044750

TERIMA Pijat Refleksi tradisional capek dan totok wajah. Hub: Wahyu 085725715951 (ada tempat)

0870/IKL/PR/VI/09/11

Info Sehat

►LESTARI Agency Jl. MH. Thamrin 82 Semarang. Telp. (024 - 3557003)

Email:

0857/IKL/PR/I/21/11

0011/IKL/R/I/12/12

JUAL MOBIL MITSUBISHI L300 DP BOX 1996 COKLAT ABU-ABU H 1853 WH. Hub: PT Artha Asia Finance 024-6700787

YAMAHA HARPINDO JAYA JL. JATI RAYA C10-11 BANYUMANIK SEMARANG PHONE 024-7471005

PENGOBATAN

024-91507718

PINJAMAN Tanpa Agunan.. khusus karyawan, gaji 2jt lewat transfer bank. Hub: Ardian 024-70247939 / 085876862929

0031/IKL/R/I/08/12

Syarat : - Punya Motor - Lulus SMP/Sederajat

024-3512771

http://hariansemarangbanget.blogspot.com

DIJUAL MOBIL Peugot 405 sti th 95 Plat H full var, full ori, an sendiri pjk pjg hrg 39jt nego Hub: 085640178475

0027/IKL/R/I/04/12

HILANG STNK NP H 4016 AY an Ngatiman Jl Merdeka Utara C/24 RT.07/03 Beringan Ngaliyan Semarang

Jl Kauman Barat 330 Semarang Telp 70345720

MOBIL DIJUAL

HILANG STNK NP H 6486 VH an Mat Sahri Jl. Tengiri VII Rt 7/6 Smg HILANG STNK NP H 6184 LZ an Djoko Purnomo Jl Bayem VIII/28 RT.10/6 Smg

Fasilitas: Gaji, transport, bonus, dll. Min Rp 3-10 jt/bl. Pasti dan jenjang karier luas. Lamaran lengkap langsung ke:

0975/IKL/R/X/07/11

0029/IKL/R/I/08/12

0028/IKL/R/I/08/12

DIBUTUHKAN SEGERA MARKETING

Lamaran ditujukan ke: Jl. Puspowarno I/20 Semarang

HILANG STNK NP H 3365 A an Abdul Sukur Jl. Plamongansari Rt 04/02 Pedurungan Smg

SPOT 8.500,-/mmk 6.500,-/mmk 6.500,-/mmk 6.000,-/mmk

0993/IKL/R/XI/09/11

Membutuhkan: Karyawan tetap untuk Marketing P/W usia 23-55 th yang sudah pengalaman

0040/IKL/R/I/16/12

Blog:

7.500,-/baris 5.500,-/mmk 5.500,-/mmk 5.000,-/mmk

MOTOR DIJUAL

GLOBAL MANDIRI, Dis. Tunggal "Maturo Soya” (baru buka cab. Semarang)

HILANG STNK NP H 6241 YH an Antonius Widuri IV Rt.11/5 Bangetayu Genuk Smg

BW

Display Pendidikan Display Keluarga Display Sosial Display Duka Cita

Brosur dan Material Promo Anda Sampai Ke Tangan Pembaca, Karena Hanya Kami Ahlinya...

6

RABU, 29 Februari 2012

0990/IKL/R/XI/03/11

JUAL RMH HM Bukit Menur Sendangmulyo LT 91m2 listrik 1300w, 2 kt, PAM, hrg 120 jt nego Hub. 02470554473 / 08812460658

ANDA membutuhkan pembiayaan mobil niaga. Hub kami: 081326526063 ENDA, 081225366581 DANI, 081332221288 INDRA, 081227321114 NURDI, 081225 551888 WIWIN, 082136291312 AJAY. Jl. Majapahit No. 321 A. Proses cepat BPKB Aman.

DI JUAL Segera: Kavling HM + 750m2 di sltn SLB Mgnhrjo Tmblng Smg View bgs, nego. HP: 082136898938.TP dan No SMS

UMROH/HAJI dengan 3,5 jt bisa berangkat umroh/haji+ bersama PT. Arminareka fee Refrensi 1,5 jt/jamaah Hub: 08157647484

0878/IKL/PR/VI/10/11

0929/IKL/R/VIII/02/11

0869/IKL/PR/VI/09/11

0944/IKL/R/VIII/13/11

JAWABAN TTS EDISI 18/II

Asap Rokok Berisiko Keguguran

W

ANITA yang berusaha untuk hamil sebaiknya menjauhkan dirinya dari asap rokok. Walaupun tidak merokok, tapi dengan menghirup asap rokok akan membuatnya sulit untuk hamil. Dan bila hamil, maka akan mudah mengalami keguguran pada hari-hari pertama kehamilannya. Merokok memang telah diketahui berpengaruh buruk pada kesehatan. Tapi sebagai perokok pasif, yang sering terjadi pada wanita yang mempunyai suami perokok, selain berpengaruh buruk bagi kesehatannya, juga akan membuatnya sulit untuk mempunyai anak. Penelitian di China pada 526 wanita yang tidak merokok tapi mempunyai suami perokok, lebih dari

20 batang rokok sehari, ternyata menunjukkan 80% diantaranya mengalami keguguran dalam enam minggu kehamilannya dibanding dengan wanita yang tidak mempunyai suami perokok. Sedangkan bila suami merokok, tapi kurang dari 20 batang sehari, tetap menunjukkan adanya peningkatan risiko keguguran pada istrinya. Wanita dari suami perokok berat juga akan mengalami kesulitan untuk hamil. Banyak dari wanita yang tidak menyadari bahwa mereka telah mengalami keguguran pada mingguminggu pertama kehamilannya dan mengira bahwa perdarahan yang terjadi hanya merupakan haid biasa. Keguguran itu diduga disebabkan karena efek toksik dari rokok yang mengganggu keseimbangan hormon-hormon kehamilan. (ifs)

INTERNASIONAL HUKUM & KRIMINAL

77

senin, 15 29 november 2010 RABU, Februari 2012

Lagi, Toko Kaos Dibobol Maling PERISTIWA SABTU, 13 Agustus 2011

Oleh Abdul Mughis Dalam dua minggu ini dua toko kaos dibobol maling, yakni di Jalan Menoreh Raya 23C dan di Ruko Tri Lomba Juang 08, Semarang.

B

ELUM terungkapnya pencurian yang menguras toko pakaian di Jalan Menoreh Raya 23/C, Sampangan, Gajahmungkur pada Jum’at (24/2), lalu. Kali ini giliran kaos Semarangan di Ruko Tri Lomba Juang 08, Semarang, “diborong” maling. Pencurian yang terjadi di salah satu outlet

MI & BISNIS

kaos khas Semarangan itu, diketahui sekitar pukul 08.30 oleh seorang karyawan, Dani. “Saat itu saya hendak membuka toko, tapi begitu saya lihat, gembok folding gate telah terbuka. Sementara pintunya rusak dan gembok hilang,” ujar warga Tawang Ngaglik Lor, Semarang Indah itu. Dikatakan, dirinya langsung bergegas melaporkan kondisi sebagaimana yang dilihatnya itu kepada bosnya, Dwi Thomas, warga Jalan Mugas Dalam I No 15 Semarang. Dani yang disusul bosnya kemudian melakukan pengecekan ke dalam toko. Betapa kagetnya manakala melihat kondisi ruangan toko telah diobak-abrik maling. “Ada ratusan kaos yang semula terpajang di stan display, hilang,” kata

Dwi Thomas, saat melapor di Mapolrestabes Semarang, kemarin. Dwi menambahkan, secara terinci ada 500 kaos yang secara desain dan ciri khas berbeda dengan produk lain. Menurutnya outlet kaos miliknya adalah satu-satunya di Semarang. “Pencuri hanya menyisakan dua kaos cewek, satu kaos warna pink bergambar gedung Netherland Indische Spoortram Maatschappij (NISM) atau Lawangsewu, dan kaos warna hijau tua bergambar Sam Poo Kong,” kata Dwi. Atas pencurian tersebut, kata Dwi, pihaknya mengalami kerugian total mencapai Rp 30 juta. Dalam pasarannya, kaos-kaos Semarangan itu dibandrol Rp 70 ribu per-potong. “Biasanya toko

mulai buka pukul 09.00, tutup sore pukul 17.00. Saat ditinggalkan,sekitar pukul 17.00, sore sebelum kejadian, saya sudah menutup toko dengan gembok, kuncinya langsung saya simpan di rumah,” katanya. Dwi mengaku keheranan melihat kejadian itu, karena pencurian ini baru pertama kalinya terjadi. Masih bersyukur karena barang berharga lain tidak turut digondol maling. “Barang yang masih utuh di antaranya printer, komputer, hingga sejumlah aksesoris khas Semarangan,” katanya. Melihat bekas dan jumlah barang yang dicuri, pelakunya orang banyak. Dia menduga, pelaku mengangkut barang dengan menggunakan mobil. “Sepertinya tidak mungkin, jika pelaku

7

hanya menggunakan motor,” katanya. Tak lama berselang setelah melapor, tim olah kejadian perkara (TKP) dari Polrestabes Semarang melakukan identifikasi di lokasi kejadian. Petugas juga memintai keterangan sejumlah saksi untuk mengenali pola pencurian yang meresahka tersebut. Sebelumnya, aksi pencurian serupa juga terjadi di sebuah toko pakaian di Jalan Menoreh Raya 23/C, Sampangan, Gajahmungkur, “diborong” maling, Jum’at (24/2) dinihari. Kawanan maling menguras isi toko tersebut. Selain menggasak uang, ratusan jean berbagai merek, sejumlah kaos, kemeja dan pakain gres pun bablas. Akibatnya, pemilik toko mengalami kerugian puluhan juta. (gus)

NGAH Tani Ditembak Polisi MI &Buruh BISNIS SEORANG buruh tani bernama Supri Handoko (30) tewas seketika karena ditembak polisi di depan rumahnya RT 02/ RW 02 Dusun/Desa Jrakah, Kecamatan Bayan, Purworejo. Kasus penembakan ini bermula dari salah sasaran. Baryadi (50), tetangga korban yang menjadi salah satu saksi mata menuturkan, peristiwa tragis itu bermula saat Minggu (26/2) malam dia bersama dua rekannya Arifin (17) dan Suharjo (29) tengah menyaksikan pertandingan sepakbola antara Indonesia dengan Singapura di rumah korban. Sedangkan korban dalam posisi

NGAH

tidur. Saat pertandingan akan berakhir, tiba-tiba muncul dua orang tanpa permisi langsung menanyakan keberadaan Slamet (35), kakak kandung korban yang menjadi buron karena diduga melakukan tindakan pencurian dengan kekerasan pada 2011 lalu, yakni mencuri jeruk sebanyak sekitar 25 kilogram. Belakangan diketahui, petugas yang datang ke rumah korban itu semuanya berjumlah empat orang. Terdiri dari Briptu Rahmat Widodo, Aipda Setiyono, Kanit Reskrim Polsek Bayan Iptu Parji dan Briptu Sudibyo. Briptu Rahmat Widodo dan Aipda

Setiyono masuk ke dalam rumah, sedangkan Iptu Parji dan Briptu Sudibyo berada di belakang rumah untuk berjaga. Petugas yang menanyakan keberadaan Slamet langsung dijawab Bariyadi tidak ada. Petugas mengira korban yang tidur itu Slamet. Korban terbangun dan langsung beranjak keluar untuk menanyakan maksud kedatangan tamu asing itu. Dua petugas itu mengikutinya dari belakang. Namun saat tepat di depan pintu, Bariadi tiba-tiba mendengar suara letusan dua kali. Mendengar letusan itu, ia pun langsung keluar bersama dua rekannya dan mendapati

tubuh Supri Handoko tersungkur di tanah dengan bersimbah darah. “Saya mendengar letusan dua kali. Setelah itu saya ikut keluar. Saya melihat Ndoko sudah tersungkur. Saya lalu mengantar Ndoko ke rumah sakit dengan mobil milik polisi,” ujar Bariadi. Dikatakan, korban mengalami dua luka tembak. Satu tembakan mengenai leher sebelah kiri hingga tembus ke tengkuk dan satu tembakan lagi mengenai punggung sebelah kiri dan timah panas pun bersarang di punggungnya. “Saat di perjalanan Ndoko masih bernafas. Dia meninggal setelah di

rumah sakit,” katanya. Bariadi menyebutkan, buronan polisi Slamet memang Minggu (26/2) sore sempat datang ke rumah korban. Namun dia tidak menginap dan pergi lagi entah ke mana. “Kami tidak menyangka kalau Ndoko yang akhirnya jadi korban,” imbuhnya. Supriyatno (57), kakak sepupu korban menegaskan, pihak keluarga meminta agar kasus itu diproses sesuai aturan hukum yang berlaku. Pelaku penembakan harus diberikan sanksi tegas, baik itu sanksi indisipliner sebagai anggota kepolisian maupun sanksi pidana akibat perbuatannya itu. (gus)

sambungan berita halaman 1 400 Petugas ...

Ancam Geruduk ... Keberatan yang lain lanjut Silas, ormas dan atau LSM mengajukan permohonan bantuan kepada Gubernur untuk kegiatan kemasyarakatan dengan ruang lingkup luas yang pelaksanaannya tidak pada satu domisili kelurahan atau kecamatan tertentu. Sehingga kebijakan Gubernur Jateng tersebut tidak bisa diterapkan dan justru akan membelenggu ormas atau LSM dalam membantu program-program pemerintahan. “Lha kalau kita mengadakan penyuluhan di Tegal misalnya, apa juga kita harus meminta tanda-tangan lurah, camat di Tegal, ini kan ngga masuk akal, padahal kita mengajukan permohonan bantuan sudah sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Gubernur Jateng,” tambah Silas Subarjo.

Dengan adanya kebijakan Gubernur Jateng yang baru tersebut, pihaknya bersama 100 LSM dan Ormas di Jawa Tengah meminta kepada Gubernur Jateng untuk menghilangkan point tersebut karena dinilai tidak masuk akal. Untuk itu, pihaknya akan mengirim surat kepada Gubernur Jateng untuk meminta Gubernur Jateng menghilangkan point tersebut. Dan jika surat yang ditembuskan ke Sekda Provinsi, Biro Hukum, Biro Sosial tidak mendapatkan tanggapan dari Gubernur, pihaknya sepakat akan samasama mendatangi kantor Gubernur Jawa Tengah. “Kita akan mengirim surat untuk Gubernur untuk menghilangkan point itu. Jika tidak ditanggapi, kami akan sama-sama mendatangi Gubernur Jateng,” tandas Silas. Seperti diketahui Gubernur Jawa Tengah mengeluarkan

kebijakan teknis pelaksanaan hibah kepada kelompok atau anggota masyarakat untuk pelaksanaan tahun 2012. Dalam petunjuknya, permohonan hibah diajukan kepada Gubernur Jateng yang berisi proposal kegiatan, data pendukung yang meliputi nomor telepon pemohon yang dapat dihubungi, fotokopi KTP pemohon yang masih berlaku. Dalam poin mekanisme tersebut, Gubernur mencantumkan bahwa permohonan hibah yang diajukan tersebut harus diketahui oleh Kepala Desa/Lurah dan camat. Point itulah yang memicu reaksi dari ratusan LSM dan Ormas di Jawa Tengah. Karena kebijakan tersebut dinilai tidak masuk akal. Untuk itu, mereka mendesak Gubernur Jateng untuk menghilangkan point tersebut. (rif)

40 Pengusaha ... Menurut dia, diantara sekian banyak bentuk pelanggaran tersebut mayoritas pengusaha tidak memiliki izin usaha. “Padahal izin usaha ini penting, logikanya kalau izin usaha sudah ditangan berarti izin lainnya sudah terpenuhi,” tambah Risun lagi. Dia menegaskan, dalam penegakkan kali ini pihaknya menempuh pola soft power. Dengan memberi toleransi waktu pengurusan selama 14 hari. Selanjutnya satpol PP akan melakukan pemantauan lapangan. “Setelah 14 hari ternyata masih ditemukan adanya pengusaha yang membandel, maka kami akan melakukan tindakan tegas di lapangan. Sanksinya bisa berupa teguran atau bahkan penutupan tempat usaha,” tegas dia. Diterangkan, dari sebanyak 40 pengusaha hiburan bermasalah yang kemarin dipanggil, ternyata hanya

dihadiri sekitar 24 orang perwakilan. Diantaranya 2 dari pengusaha PMU, 9 pengusaha karaoke dan 13 pengusaha hotel. Terpisah, Kepala Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (KPMPT) Kabupaten Semarang, Valeanto Sukendro menambahkan, sesuai aturan yang berlaku bagi pengusaha hiburan setidaknya wajib mengurus delapan perizinan, yang meliputi izin gangguan, IMB, SIUP, tanda daftar perusahaan (TDP), izin usaha, izin reklame, ABT dan izin rumah makan bagi tempat hiburan yang menyediakan fasilitas rumah makan. “Pengusaha yang bermasalah itu sudah kami data, dan mereka tidak memiliki kelengkapan perizinan yang dibutuhkan,” kata Sukendro. Soekamto, salah satu hotel di Bandungan mengatakan, selama ini

proses pengurusan izin bagi pengusaha hiburan terkesan dipersulit. Terlebih adanya oknum yang ikut bermain dalam perizinan, justru semakin merugikan pengusaha. “Saya minta Pemkab mempermudah proses pembuatan izin. Hal ini sekaligus untuk menghindari adanya oknum yang merugikan pengusaha. Oknum itu biasanya minta uang untuk mengurus, tapi setelah diberi uang izin tidak ada kejelasannya,” ujar Soekamto. Sesungguhnya, lanjut dia, para pengusaha tidak pernah memasalahkan besarnya biaya perizinan, asalkan prosesnya berjalan lancar sesuai aturan mainnya. “Yang jadi masalah itu justru pada sulitnya mengurus izin. Soal biaya tidak ada masalah, berapa pun kami siap,” kata dia. (ino/rif)

datang jagong manten di rumahnya saat ngunduh mantu. Hari-hari pertama mereka setelah menikah terasa sangat menyenangkan bagi Juliet. Maklum pengantin baru. Isinya Cuma senang dan nikmat. Seperti raja dan ratu. Namun apa mau dikata, tanpa ada upaya serius, mana mungkin kebiasaan bisa diubah. Pendidikan dan pelatihan yang sangat serius dan memakan waktu bertahun-tahun saja sering gagal mengubah kebiasaan seseorang. Jossy tetap saja suka hura-hura. Dolan ngalor-ngidul dengan teman-temannya.

diberikan secara gratis selama 6 bulan. Setidaknya terdapat 68 agen bus yang ada di wilayah tersebut. Meski begitu para agen tersebut masih bisa membuka tempat diluar terminal namun harus menyiapkan mobilmobil kecil untuk mengangkut penumpang hingga ke terminal. Seperti diketahui dalam optimalisasi tersebut aka nada 459 bus dari arah barat yang harus berhenti dan berawal di Terminal Mangkang. Sedangkan dari arah selatan terdapat 127 bus patas yang diarahkan menuju Terminal Mangkang. “Optimalisasi ini serius dan sudah didukung sejumlah pihak,semoga bisa berhasil karena sejumlah fasilitas yang ada di Terminal semua sudah diperbaiki,” tandasnya. (pru/rif)

Warga Keluhkan ... Sunardi gedung baru Pasar Sampangan memang memiliki saluran air/ drainase tapi saluran itu tidak terkoneksi dengan saluran air di lingkungan sekitar. Akibatnya, saat musim penghujan, banyak air yang menyebar ke sekitar gedung pasar. Bahkan, kata dia, luapan air juga mengenai wilayah pemukiman yang ada di belakang dan samping pasar. “Pembuangan airnya tidak lancar sehingga banyak yang mengenai wilayah kampung,” katanya. Ia mengaku, saat rapat antara warga dan pihak pelaksana pembangunan gedung pasar pada Juli 2011 lalu, dirinya telah meminta pihak pelaksana pembangunan untuk memperhatikan sistem drainase gedung pasar. Namun hingga pedagang menempati gedung itu, sistem saluran air belum dibenahi. “Harusnya, saluran air itu segera dibenahi karena, saat musim penghujan, banyak air yang mengalir ke kampung. Hal itu sangat menganggu karena air dari gedung pasar itu sangat bau,” keluhnya. Menanggapi persoalan itu, Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang Agung Priyambodo mengatakan, Dinas Pasar dan SKPD terkait harus bisa menyelesaikannya.

Pasalnya, berdirinya bangunan baru yang berdekatan di wilayah pemukiman mampu menimbulkan dampak positif dan negatif. “Harus segera ditangani fasilitas pembuangan limbah air dan sampahnya. Karena jika berlarutlarut, sampah akan semakin banyak yang menumpuk sehingga membuat bau yang tidak sedap dan akhirnya nanti mengganggu kesehatan penjual dan pembeli, bahkan warga setempat,” kata Agung. Sementara, Kepala Dinas Pasar Kota Semarang Abdul Madjid menjelaskan, penanganan saluran air itu segera dikerjakan. Sebelum hal itu dikerjakan, Dinas Pasar akan melakukan proses lelang. “Untuk fasilitas pendukung seperti pembuatan drainase, akan segera kita lelangkan dalam waktu dekat ini. Nantinya, pemenang lelang akan membuat crossing saluran pembuangan yang langsung ke Sungai Banjir Kanal Barat,” jelas Madjid. Ditambahkannya pula, “pembuatan crossing itu langsung ke sungai agar tidak ada lagi air yang mengenai wilayah perkampungan di belakang gedung Pasar Sampangan.” (ano/rif)

Tiga Jembatan ...

Rusaknya Akhlak ... Argumen utopis itu pula yang disampaikan kepada orang tuanya tatkala Juliet membujuk agar diberi restu menikah dengan Jossy. Ayah dan ibunya yang telah lama mengharap Juliet segera menikah, mengingat usianya tak muda lagi, ”terpaksa” menyetujui. Walau dalam hati kekhawatir, mereka terima lamaran Jossy, sambil berharap-harap cemas anaknya terhindar dari malapetaka di kemudian hari. Sebenarnya bagi ibu Juliet, calon menantu yang sekujur tubuhnya dipenuhi tato tentu bukan pemandangan indah. Tak kuasa dia menutupi rasa malunya manakala para tamu

Ratusan personel ini akan disiagakan pada hari pertama, sedangkan hari selanjutnya akan dilakukan sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk petugas di dalam terminal sudah disiakanan 3 regu masing-masing 30 petugas yang akan bertugas dalam 3 shift. “Dilapangan nanti juga akan ada tiga mobil patroli dari dishub, sedangkan bantuan dari kepolisian cukup banyak karena jika ada yang melakukan pelanggaran akan langsung dilakukan penilangan,” ujarnya kemarin. Ia mengatakan sejumlah petugas tersebut juga akan disiapkan untuk memantau terminal bayangan yang ada seperti di wilayah Genuk, Mangkang dan Banyumanik. Kondisi ini selama tiga bulan akan dimaksimalkan dan dilakukan evaluasi terkait optimalisasi tersebut. Untuk agen bus ia mengatakan bagi yang menempati tempat di terminal sebelum tanggal 1 Maret akan

Omongnya sih sebatas agar tidak putus persekawanan. Kini Juliet baru sadar, selama suaminya masih bergaul dengan teman-temannya, kebiasaan itu takkan berubah. Dan lebih buruk lagi, dia sekarang yang terkena pengaruh. Juliet jadi ikut suka merokok. Lalu lupa ibadah dan jauh dari Tuhan. Entah apa yang terjadi jika mereka punya anak nanti. Sedangkan buah biasanya tidak jatuh jauh dari pohonnya. Betapa sedihnya orang tua Juliet memikirkan nasib anaknya itu. (moi)

Kali Blorong meluap, setelah daerah atas, seperti Boja, Singorojo dan Limbangan diguyur hujan deras. Luapan air juga sempat menggenangi halaman rumah warga sekitar setinggi mata kaki orang dewasa. Menurut warga Ngampel Wetan, Kodim, tiga jembatan yang putus terbuat dari bambu. Jembatan itu dibangun atas swadaya masyarakat setempat. Dengan putusnya jembatan tersebut, warga yang mau bepergian ke Brangsong atau sebaliknya harus berputar dan menempuh jarak sekitar 15 KM. “Jembatan ini, adalah penghubung tiga desa yang ada di Brangsong dan Ngampel. Dengan putusnya jembatan tersebut, kami harus menempuh jarak kurang lebih 15 KM,” kata Kodim. Ia mengaku kasihan kepada ib-ibu yang biasa berbelanja di pasar Srogo Brangsong. Juga anak-anak

sekolah. Sementara itu, Kasi pencegahan dan kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal, Endro Kunarno, yang meninjau lokasi putusnya tiga jembatan tersebut, mengaku akan melaporkan ke atasan. Sehingga ada solusi yang tepat dan cepat terkait dengan jembatan yang putus itu. “Jembatan itu dari bamboo. Tapi bisa dilewati kendaraan roda dua dan becak. Masyarakat setempat tergantung dengan jembatan itu, untuk memperpndek jarak bila bepergian,” kata Endro. Endro menambahkan, kejadian sekitar setengah tiga sore dan luapan air sungai sempat menggenangi halaman rumah warga sekitar setinggi mata kaki orang dewasa. (ono/rif)

oase

8

RABU, 29 Februari 2012

Aelke Mariska

t a k i p r e T

“Cinta Cenat Cenut” Berwajah sangat Sakura, meski sebenarnya asli Indonesia. Gara-gara sinetron Cinta Cenat Cenut, bintang iklan minuman isotonik ini mengaku terpikat dan makin menikmati akting.

S

ETELAH sempat ramai diberitakan kedekatannya dengan Morgan, salah satu personel boyband Sm*sh, nama Aelke Mariska semakin ramai dibicarakan di dunia hiburan Indonesia. Benarkah mereka pacaran? “Aku itu sama Morgan temenan aja, nggak mungkinlah jadian. Kalau misalkan komunikasi, itu emang lumayan sering. Paling kita berdua cuma curhat soal kerjaan. Itu aja sih,” tukas Aelke kala ditemui di studio gudang Cililitan, Jakarta Timur, kemarin. Aelke mengakui bahwa setelah terlibat bersama Morgan dalam serial Cinta Cenat Cenut, dirinya jarang bertemu. “Cuma komunikasi biasa aja. Morgan itu suka nasihatin aku soal entertainmen, dia kan lebih duluan ada di dunia ini, suka ngajarin juga. Kalau aku sih mau fokus dulu di kerjaan, pacaran urusan kesepuluh. Yang lagi deket sih ada, tapi karir dulu,” lanjut gadis bertampang Jepang kelahiran Jakarta, 17 November 1988 ini. Belakangan, bintang iklan Pocari Sweat ini baru saja menyelesaikan kontrak di sinetron Cinta Cenat Cenut. Kesibukannya lebih di aktivitasnya bekerja di sebuah perusahaan

desain grafis. “Syuting Cinta Cenat Cenut sudah selesai. Aku ada kontrak sama label, sempat ditawarin stripping nggak bisa ambil, karena harus karantina,” ungkap Aelke yang mengaku sudah empat kali menjadi bintang video klip. Meski begitu, Aelke mengaku, sejak menjadi salah satu bintang di Cinta Cenat Cenut-lah dirinya mulai terpikat dan menikmati dunia akting. Dia pun sudah mendapatkan tawaran akting baru, meski untuk sementara waktu masih belum bisa dipublikasikan. “Tapi belum berani ngomong. Nanti saja kalau sudah keluar,” ungkapnya. Sejak akting perdana di Cinta Cenat Cenut, Aelke yang sebelumnya banyak menggeluti dunia model, merasa makin percaya diri dan mendapat banyak kepercayaan untuk berakting. “Pengalaman pertama aku akting di Cinta Cenat Cenut. Diajarin sama pelatihnya. Lumayan banyak dapat ilmu. Jadi tambah pede dan makin menikmati sih,” cetus gadis bertinggi 168 cm ini. (06)

DISCO DOMINO disetiap rabu akan diisi perform dari DJ BOIM GHETTO (Rhythm/Junko) dan Babyface Sexy Models yang akan berlenggak lenggok di stage, tak ketinggalan juga Babyface Sexy Dancers, OZONE (Babyface Homeband) dengan FDC Rp. 50.000,include beer dapat dinikmati mulai dari pukul 22.00 – 03.00.

HARSEM/KPL

Menikmati Vokalis Baru Drive nan “Manis”

ONO

HARSEM/HERY PRIY

TAMPIL dengan vokalis baru, grup band asal ibukota Drive tampaknya ingin membuktikan bahwa nama mereka masih ada dan tetap eksis sepeninggal keluarnya Anji, vokalis mereka sebelumnya. Dalam konser yang didihelat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Semarang di E-Plaza, Sabtu (25/2) dinihari lalu, Takeda (vokal), Budi (gitar), Adi (drum), dan Dygo (bass) unjuk aksi dengan sodoran nomor-nomor hits mereka. Penempatan Takeda sebagai vokalis menggantikan Anji terasa memiliki banyak pengaruh terhadap permainan panggung mereka. Hal ini sangat terasa di dua single mereka, Pencuri Hati dan Harusnya Kau Sadari dari album Cahaya Terang (2011). Suara Takeda boleh dibilang tergolong ngepop dengan nada-nada rendah yang terasa sangat kental. Selebihnya di lagu-lagu lainnya, suara Takeda terkesan dipaksakan menyerupai vokal Anji yang tinggi dan lebar. “Vokalis kita ini kalau dari namanya pasti banyak yang ngira berasal dari Jepang sana, tapi aslinya dia ini dari Padang,” ujar Budi sang gitaris dari atas panggung. Selain dua lagu tersebut, malam itu Drive membawakan nomor-nomor seperti Akulah Dia, Tak Terbalas, Undeniable, Katakanlah, Disini, Seakan di Surga, Wanita, Pesawat Tempur-nya Iwan Fals, Bersama Bintang, Melepasmu, dan Kedua yang dijadikan sebagai lagu penutup. (hep/dnr)

Berharap Kebangkitan Wayang Potehi Kian Kritis Senada, Ketua Rasa Dharma Harjanto Halim mengatakan, kondisi wayang potehi saat ini sudah semakin kritis. Generasi muda seolah-olah merasa malu ketika harus berinteraksi dengan wayang potehi. “Mereka menganggap wayang potehi itu jadul, tidak sesuai dengan jiwa INDRA PRABAWA muda mereka,” ucapnya. SEPERTI usia Thio Tiong Gie yang sudah Sebagaimana harapan para peserta memasuki usia senja, kelangsungan hidup dialog, Harjanto juga ingin estafet kesenian wayang potehi di bumi nusantara, khususnya wayang potehi bisa terus berlanjut hingga nanti. di Semarang, sekarang ini terbilang kian Agar generasi muda tertarik pada kesenian memprihatinkan. Kesenian wayang boneka asli wayang potehi, wajah kesenian wayang potehi Thionghoa yang sudah berusia sekitar 3.000 harus diadaptasikan dengan era kekinian, tapi tahun itu terancam punah lantaran tidak ada tetap memegang teguh pakem yang dimiliki regenerasi dalang. wayang tersebut. “Salah satunya mungkin Thio Tiong Gie adalah satu-satunya dalang mengubah kemasan pementasannya, semisal wayang potehi di Semarang yang sampai kini ditampilkan dengan paduan teknologi,” ujarnya. masih ada. Usianya kini sudah 79 tahun. Sebagai Dialog “Revitalisasi Wayang Potehi”, dijelaskan seorang dalang, kini ia merasa khawatir jika Harjanto, sengaja digelar oleh Rasa Dharma wayang yang telah ia geluti sejak berusia 27 untuk menginventarisasi langkah-langkah tahun tersebut akan sirna seiring kepergiannya apa saja yang efektif bisa ditempuh untuk kelak. merevitalisasi dan melestarikan wayang potehi. “Sampai sekarang belum ada generasi “Pelestarian wayang potehi ini sudah muda yang berminat belajar menjadi dalang menjadi salah satu program kami, mengingat wayang potehi, bahkan dari kalangan keturunan wayang potehi juga menjadi bagian dari budaya Thionghoa sekalipun,” ucapnya ketika diminta Indonesia,” tegasnya. (sna/dnr)

Beauty on the Street

HARSEM/HERY PRIYONO

menjadi narasumber dialog “Revitalisasi Wayang Potehi” yang diprakarsai Perkumpulan Sosial Rasa Dharma di Jl Gangpinggir No 31, Semarang, Sabtu (25/2) lalu.

7 Model Diincarr 132 Fotografe

SEBANYAK 132 fotografer dari Kota Semarang dan sekitarnya memeriahkan acara hunting bareng bertema “Beauty on the Street” yang digelar di kawasan Kota Lama Semarang, Minggu (26/2) sore. Hunting bareng merupakan kegiatan rutin bulanan, gelaran Komunitas Fotografer Semarang (KFS). Selain dilibati ratusan fotografer yang membawa berbagai macam kamera, acara juga mengundang tujuh model yang didaulat sebagai obyek foto. Para model seperti Mala, Dezy, Iqe, Lely, Ve, Hera, dan Sonya dalam balutan busana Iwan Fashion berpose dengan berbagai gaya di beberapa tempat spot pemotretan yang sudah ditentukan panitia. “Kegiatan ini rutin kami adakan setiap bulan. Untuk tema kali ini mengangkat ‘Beauty on the Street’, dengan memakai tujuh model yang bergaya di beberapa spot di Kota Lama. Selain untuk melatih skill fotografi, kegiatan ini juga sebagai acara kumpul bareng temu kangen saling bersilaturahmi antarsesama fotografer,” ujar Benny, panitia. Rencananya, menurut Benny, KFS dalam waktu dekat juga akan menyelenggarakan acara hunting bersama dengan usungan tema berbeda. Selain itu fotografer yang ingin menjadi peserta juga tidak dibatasi jumlahnya ataupun jenis kamera yang digunakan. (hep/dnr)

Dangdut ‘”TKW” Soleh Akbar Go International H SOLEH AKBAR, penyanyi dangdut yang telah mencetak puluhan album kini meluncurkan hit dangdut TKW, album motivasi nasional. Hit dangdut yang meyiratkan pesan moral ini sempat mendapat acungan jempol dari musikus raja dangdut Rhoma Irama. Menurut Rhoma, komposisi musik dan vokal Soleh Akbar yang menyanyikan lagu TKW enak dan didengar mampu menggoyang. Terbukti peluncuran awal klip lagu TKW pada Sabtu 25 Februari pukul 11.00 di TV kabel Matrix Internasional Jakarta yang tayangan siarannya mendunia ke seluruh negara langsung memperoleh salut 8.000 pesan singkat (sms). “Lirik lagu TKW mengenai sasaran untuk bisa didengar seluruh masyarakat Indonesia. Penggarapan aransemen musik yang membalut karakter vokal Soleh Akbar yang khas enak didengar. Saya menyebutnya sebagai harmoni yang bagus. Klop,” ungkap Rhoma

Irama belum lama ini usai menghibur ribuan penonton dalam pengajian akbar menyantuni seribu anak yatim piatu di kediaman pedangdut Soleh Akbar, Pedurungan, Semarang. Sementara itu Soleh Akbar mengatakan, diperkirakan album TKW beredar secara internasional pada Maret atau April . Dia mengharapkan album ini bisa memberi pencerahan dalam mengatasi problematika yang dialami pekerja wanita Indonesia yang bekerja di luar negeri. Pada satu sisi prihatin yang mendalam manakala para TKW menjadi korban ketidakadilan yang sering berakibat kematian. Kendati di sisi lain perasaan bangga dominan melihat keberhasilan TKW menjadi pahlawan ekonomi keluarga dan penyumbang devisa bagi negara. “Rasanya tepat jika album TKW didedikasikan kepada seluruh tenaga kerja Indonesia di luar negeri yang menjadi pahlawan devisa. Tentu juga beserta keluarganya dan masyarakat luas yang

antusias menyambut peredaran vcd album ini,” ujar Soleh Akbar yang live show-nya pada 7 Maret di TV Matrix disiarkan secara internasional. Lebih jauh ia mengatakan bahwa lagu TKW mengungkap kisah nyata pertemuan dengan sosok tenaga kerja wanita di luar negeri yang berkepribadian simpatik. “Maka liriknya menyiratkan pesan moral bagi semua pihak untuk lebih merenungi kesiapan skil, budi pekerti, mental dan moral tenaga kerja wanita Indonesia agar menjadi kebanggaan yang membahagiakan,” tambah Soleh Akbar yang klip lagu TKW-nya rutin tayang setiap hari di TVRI Jateng maupun TVRI Pusat dan di TV Matrix setiap pukul 11.00, 21.00 dan 23.00 TVRI Jateng maupun TVRI Pusat. (sae/dnr)

“GLAMOURS NITE”,dimeriahkan oleh SQ HOME BAND dan SQ sexy dancer bisa dinikmati mulai 20.00 s/d 03.00, bebas tiket masuk dan free SQ cocktail untuk Ladies.

“ WILDNESSDAY” Guest DJ, EPDJ All Stars, Inlite Band, Da Beat Dancers

Konspirasi Band di Liquid Café LIQUID Café Semarang kembali kedatangan grup band anyar beraliran rock grunge, Konspirasi. Kelompok musik yang dibesut empat musisi berbeda latar belakang, salah satunya solois singer mellow Marcell Siahaan yang akan tampil cadas, malam ini. Konspirasi Band yang digawangi Edwin ‘Cokelat’

Marshal (gitar), Marcell Siahaan (drum), Candra Hendrawan Johan alias Che (vokal), dan Romy Sophiaan (bass) ini bakal memainkan lagu-lagu dari album perdana mereka (TeoriKonspirasi). Akan tampil pula Reborn Band, DJ Lil’llow, DJ Mirage, DJ Aeesha Gabrielle, dan Black Swan Dancers. (dnr)

E-Plaza Berdonor, E-Plaza Berbagi MENYAMBUT perayaan ulangtahun keenam Entertainment Plaza, manajemen telah menjadwalkan serangkaian acara. Salah satunya menggelar kegiatan E-Plaza Berdonor, E-Plaza Berbagi di pelataran parkir E-Plaza, Minggu (4/3) mendatang. Kegiatan donor darah yang dimulai pukul 07.00 sampai 10.00 ini diikuti oleh seluruh jajaran managemen dan karyawan, serta terbuka untuk umum. Selain menyuguhkan agenda-agenda hiburan, HARSEM/DOKUMENTASI

E-Plaza juga rutin mengajak masyarakat untuk berbagi dan peduli terhadap sesama. Kegiatan donor darah yang secara berkala sudah beberapa kali digelar, merupakan wujud nyata dari pihak manajemen untuk semakin mendekatkan diri dengan masyarakat Semarang. Para pengunjung E-Plaza pada hari itu pun akan diajak untuk berpartisipasi. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Public Relations: 024-8452293. (dnr)

AY

Rabu, 29 Februari 2012

MBANGUN

JAWA TENGAH

Ribuan Umat Peringati Haul Kiai Pondok Bodo Ribuan warga memadati jalan masuk menuju makam KH Abu Suja Al Ruslani, dan bekas rumah ulama sepuh ini yang menjadi pemekaran pondok pesantren (Ponpes) Bodo Al Frutasiah di Dusun Gayang, Desa Karangrejo, Kecamatan Bonang, kemarin malam. Almarhun KH Abu Suja Al Ruslani merupakan kiai karismatik, dia adalah ayah Pengasuh Ponpes Bodo Al Frustasiyah wal Prestasi Lasem Rembang, KH Hambali.

Kini setiap tahun haul kiai ini selalu digelar sebagai upaya memeringati siar mendiang ketika masih hidup. Panitia acara Ali Sodikun mengemukakan, acara yang digelar hingga malam hari ini menghadirkan pembicara Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf (Solo), mantan anggota DPR KH Khalwani (Purworejo), KH Amin Maulana Budi Harjono (Semarang), serta para alumni Pondok Bodo Al Frustasiyah dari berbagai

kota dan provinsi. Selebihnya acara akan dimeriahkan drumband oleh siswa siswi MTs/ MA Miftahul Ulum Gayang dan acara khitanan massal. Disebutkan, setelah menerima perintah sang ayah, KH Hambali merantau dan menyebarkan Islam hingga Kota Rembang. Bahkan Hambali mendapat restu dari ulama sepuh seperti KH Arwani (Kudus) dan KH Hamid (Pasuruan) untuk babad alas di Lasem Rembang. (swi)

Karang Taruna Antisipasi Bencana

G

UBERNUR Jateng Bibit Waluyo menilai gerakan PKK di Jateng sangat luar biasa, terutama dalam hal membantu menuntaskan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Jateng. Pernyataan tersebut disampaikan Bibit saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK Jateng 2012 di Kantor Badan Pemberdayaan

Masyarakat dan Desa (Bapermades), Semarang, Selasa (28/2) siang. “Saya melaksanakan evaluasi kinerja program PKK 2011 dengan dewan penyantun sekaligus mendengarkan rancangan program PKK untuk 2012 serta 2013. Dan menurut saya, gerakan PKK ini sangat luar biasa, karena bisa menuntaskan tupoksi SKPD,” ujar Bibit. Dirinya mencontohkan salah satunya seperti disektor kesehatan, dimana dalam pemberantasan demam berdarah, Tim Penggerak PKK tanpa ada dana

ataupun sarana prasarana, bisa bergerak mandiri untuk memberantas jentik-jentik nyamuk demam berdarah. “Pagi, siang, malam, mereka mencari jentik-jentik itu dan hasilnya sangat memuaskan, sehingga dari segi kesehatan penyakit demam berdarah semakin kurang. Begitupun dengan wabah flu burung, melalui tim penggerak PKK ini mereka mampu memberikan sosialisasi bagaimana cara mengatasi itu semua dan langkah-lankah yang harus dilakukan,” paparnya.

HARSEM/HERY PRIYONO

PKK Luar Biasa

Menurut Bibit, tak hanya di sektor kesehatan saja, namun juga disektor lain seperti ketahanan pangan, pertanian, dan lain-lain, semua terjangkau oleh gerakan PKK hingga ke pelosok desadesa. “Jadi Tim Penggerak PKK ini melakukan langkah-langkah strategis menuntaskan tugas-tugas SKPD yang melaksanakan tupoksinya tersebut untuk mewujudkan masyarakat Jateng yang semakin sejahtera,” tukas Bibit menegaskan. (hep/dnr)

Pelatihan Kader Posyandu Peduli TAT TIM Penggerak PKK Jateng bekerjasama dengan PT Nestle Indonesia menggelar pelatihan kader Posyandu Peduli Tanggap Aktif Tumbuh (TAT) di Gedung Sumbing Balai Diklat Jateng, Semarang, Selasa (28/2). Pelatihan tersebut merupakan bentuk komitmen dalam rangka gerakan posyandu yang tersebar diseluruh Jateng. “Ini merupakan kelanjutan dari kesepakatan Tim Penggerak PKK Pusat dengan pihak Nestle, jadi kita yang dibawah tinggal pelaksanaannya saja. Harapan saya ini merupakan kerjasama yang baik, tapi selanjutnya memang harus ada penjelasan kepada para kader, karena kadang masih ada perbedaan

pendapat,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Jateng Sri Suharti Bibit Waluyo, kemarin. Menurut Sri Suharti, adanya kerjasama tersebut sering disalah artikan bahwa dengan adanya kerjasama dengan perusahaan susu tersebut dikiranya para ibu-ibu dilarang atau tidak dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif kepad anaknya, hal tersebut jelas salah. “Sebenarnya susu dari Nestle itu kan untuk anak umur setahun lebih, sedangkan untuk susu ekslusif kan dari umur 0 sampai 6 bulan, jadi ibu-ibu masih diharuskan memberikan susu eksklusif. Sehingga tidak dianjurkan memberikan susu formula sedari awal

kepada anak-anak balita kita,” imbuhnya. Terkait dengan baru ada 7 daerah di Jateng yang dilakukan pelatihan kader tersebut, Sri Suharti mengatakan, mudah-mudahan kedepannya 35 kabupaten/kota yang ada di Jateng bisa dilakukan pula pelatihan seperti ini. Namun, untuk sekarang ini baru 7 kabupaten/kota terlebih dahulu yang dilakukan pelatihan tersebut. “Kader-kadernya ini berasal dari kota dan kabupaten di Semarang, sedangkan untuk pelaksanaannya ini dari pusat sudah dilakukan dibeberapa tempat, seperti di Banten, Malang, dan daerah lainnya. Saya berharap nantinya secara bertahap tidak hanya 7 kabupaten/kota

saja, tapi bisa dilakukan di 35 kabupaten/ kota se-Jateng,” imbuhnya. Sementara itu, Gigih Raharjo selaku Area Sales Manager Nestle Jateng mengatakan, selain digelar di Jateng, pelatihan kader tersebut juga dilakukan di 13 provinsi lainnya, seperti di Jabar, Jatim, Bali, Sumut, Yogyakarta dan daerah lainnya. “Ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk turut serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat. Nantinya, para orang tua yang datang ke posyandu akan mendapatkan layanan, penyuluhan dan bimbingan seputar TAT batita,” pungkasnya. (hep/dnr)

Kendalikan Harga, Pemprov-BI Luncurkan Situs Komoditas PEMPROV Jateng melakukan terobosan dalam hal pemantauan dan pengendalian harga komoditas yang ada di Jateng. Kerjasama tersebut dituang dalam bentuk kesepakatan antara Pemprov Jateng dengan pihak Bank Indonesia (BI). Sebagai wujud kongkritnya, sebuah situs yang memuat tentang informasi harga komoditas juga telah siap diluncurkan. “Tujuannya adalah memberikan informasi kepada masyarakat terkait harga dan produksi, khususnya produksi strategis, sehingga masyarakat bisa lebih memilih dan tingkat harga yang diinformasikan bisa memberikan kepastian, sehingga tidak ada unsur mark-up harga,” kata Sekda Hadi Prabowo usai acara Penandatanganan Keputusan Bersama dan High Level Meeting Tim Pemantauan dan Pengendalian Harga (TPPH) Jateng, Selasa (28/2). Menurut Gubernur BI Semarang Joni Swastanto, nantinya dalam situs tersebut akan diperlihatkan informasi soal harga, produksi, luas lahan, dan lain-lainnya. Informasi harganya sendiri terdiri dari beberapa komoditi yang akan terus-menerus up to date. “Tentunya sistem ini akan menjadi bagus jika datanya up to date, soal siapa yang akan menginput datanya nanti adalah dari anggota TPPH yang berjumlah

HARSEM/HERY PRIYONO

Sekda Jateng Hadi Prabowo menandatangani kesepakatan TPPH bersama dengan Gubernur BI Semarang Joni Swastanto 21 anggota dari berbagai dinas dan meliputi semua pihak yang terlibat dengan penentuan harga ini,” papar Joni. Dirinya menambahkan, dengan adanya pemantauan dan pengendalian harga tersebut, bisa mencegah adanya spekulasi

harga yang biasa dimunculkan oleh pihakpihak tak bertanggung jawab. Selain itu, melalui situs tersebut bisa mengetahui informasi harga di daerah lainnya. “Istilahnya informasi harganya bisa jadi jelas, beli disini jual disana kan

tidak mungkin terjadi jika harganya tidak diketahui. Disitu bisa tergambar siapa yang membuat spekulasi, soalnya didaerah lain juga bisa diketahui berapa harga sebuah komoditas,” tuturnya. (hep/dnr)

GUBERNUR Jateng Bibit Waluyo meminta organisasi Karang Taruna di Jateng untuk turut berpartisipasi dan berupaya dalam setiap kegiatan penanganan bencana. Oleh karena itu, kedepannya diharapkan Karang Taruna bisa aktif melakukan pencegahan, terutama dilingkungan yang ada disekitarnya. “Seperti misalnya mengawasi soal penambangan pasir, dari anggota Karang Taruna sendiri bisa bersama-sama melakukan pengawasan lingkungannya. Cari nafkah yang silahkan, tapi kalau sampai ngerusak ya harus stop,” tukas Bibit saat acara Peningkatan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam penanggulangan resiko bencana oleh BPBD dan Karang Taruna Jateng di Gedung Bappeda, Selasa (27/2). Bibit menambahkan, terkait dengan soal bencana tersebut, dirinya menekankan soal pentingnya pencegahan sebelum terjadinya bencana. Daripada sampai melakukan penanggulangan yang tentunya lebih beresiko, lebih baik melakukan pencegahan sedari dini. “Bencana seperti banjir dan tanah longsor itu disebabkan karena banyaknya alih fungsi lahan yang dijadikan lahan pertanian atau perumahan. Yang seperti itu harusnya ada pencegahan, seperti dengan melakukan penghijauan kembali. Selain itu, seluruh elemen yang terkait harus berpikir jauh kedepan sebelum bencana terjadi,” imbuhnya. Sementara itu, Ketua Karang Taruna Jateng Slamet Effendi mengatakan dari setiap anggota Karang Taruna sendiri kedepannya diharapkan bisa selalu siap dan sigap dalam melakukan langkahlangkah penanggulangan bencana. “Karang Taruna akan selalu siap dan siaga dalam rangka antisipasi kemungkinan terjadinya bencana, apalagi Jateng sendiri dikenal sebagai supermarket bencana, semua bencana ada disini. Oleh karena itu, merupakan hal yang wajar apabila Karang Taruna menjadi pelopor dalam hal membantu masyarakat,” pungkas politisi dari PDIP tersebut. (hep/dnr)

pok kePSIS

AGAM

RABU, 29 Februari 2012

Warso Susilo menunjukkan SK pengangkatan dirinya sebagai Direktur Operasional PSIS, Daniel Toto Indriyanto (kaus merah), ditunjuk sebagai Manajer Teknik, Donny Siregar dkk kembali mengebut latihan seolah-olah tak terjadi konflik dalam tubuh manajemen.

UKUM & KRIMINAL

ITIS

LWALKOT

harian semarang

10 5

harian semarang

4

harian semarang

16

harian semarang

8

HARSEM/WIKHA SETIAWAN

Dualisme Panas Oleh Wiwig Prayugi Perseteruan di tubuh tim Mahesa Jenar tak kunjung berhenti. Babak baru kekisruhan ini kemarin terkuak.

T

ARIK menarik antara Ancora dan manajemen di bawah Novel Al Bakrie semakin memanas. Kemarin, Warsa Susilo memperlihatkan surat keputusan (SK) pengangkatan dirinya sebagai Direktur Operasional PSIS, posisi yang sebelumya ditempati Novel. Surat bermaterai itu ditandatangani Direktur Utama PT Laskar Diponegoro Mohammad Yunus, Warso mulai bertugas sejak 24 Februari lalu. Tugas Warso ialah melakukan seleksi dan wawancara calon tenaga kerja di PT, pemutusan hubungan kerja, dan penunjukkan terhadap tenaga kerja baru. “Ini adalah surat penegasan resmi. Sebelumnya, perusahaan telah mengeluarkan surat yang hampir sama namun tidak dilaksanakan pihak-pihak terkait. Saya sendiri sama sekali tidak memiliki kepentingan apa-apa, mimpi saja tidak. Hanya menjalankan tugas dari perusahaan,” kata Warso.

Penunjukkan Warso tidak bersifat absolut alias bersifat sementara saja. Bisa jadi, perusahaan mengembalikan ke manajemen sebelumnya bila keuangan di manajemen PSIS sudah membaik. Dia pun tidak masalah bila kedepan dirinya kembali di geser. Warsa telah menunjuk Daniel Toto Indriyanto selaku Manajer Teknik untuk membantunya. Sementara itu, manajemen lama Novel Al Bakrie menilai pemecatan dirinya sepihak dan cacat hukum. Surat pemecatan dirinya dan jajaran dibawahnya, tertanggal 10 Februari lalu hanya dikirimkan melalui faksimili. “Perubahan yang dilakukan di jajaran Direksi harus melalui rapat umum pemegang saham (RUPS). Tidak bisa seenaknya dengan melakukan pemecatan sepihak karena di PT ada empat pemegang saham,” kata Novel. Sebagai pengganti manajemen yang mundur, Novel juga menunjuk Budi Santoso yang sebelumnya Manajer Operasional menjadi General Manajer (GM) Teknik. Sony Harwanto ditunjuk menggantikan Mariyanto sebagai manajer tim. Tancap Gas Di tengah badai perseteruan yang terjadi di tubuh manajemen, skuad PSIS tetap tidak peduli dan langsung tancap gas guna mempersiapkan diri menghadapi

Persis Solo di Stadion Jatidiri, Sabtu (3/3). Tim besutan Edy Paryono ini hanya ingin meraup poin absolut di pertandingan terakhir paroh musim Liga Prima Indonesia 2011/2012. Hasil mengenaskan saat dihajar Persipasi Bekasi 2-5 di Stadion Ciracas Jakarta Timur, tempo hari, sudah cukup menjadi pukulan telak dan menjatuhkan Mahesa Jenar di posisi empat klasemen sementara dengan perolehan 13 poin. Padahal tim kebanggaan publik Semarang ini sempat mampir di puncak dalam sepekan. Pelatih PSIS Edy Paryono mengimbau kepada seluruh pemain supaya tidak terlalu berlarut-larut dalam kesedihan. Memburu kemenangan saat menjamu Persis lebih penting untuk menjaga harga diri sebagai tim yang memiliki sejarah panjang persepakbolaan Indonesia dalam persaingan di papan atas. “Ya, kami berharap anak-anak segera melupakan kekalahan di markas Persipasi. Lebih baik memikirkan persiapan menghadapi Persis, karena kita harus bisa menang di akhir pertengahan musim ini,” ujar Edy Paryono usai melatih di Stadion Jatidiri, kemarin. Ditambahkan, pihaknya akan fokus pada persiapan teknik di sisa waktu yang ada. Terutama di sektor pertahanan yang dinilai memiliki banyak catatan usai lawatan ke markas Persipasi. “Evaluasi-evaluasi sudah kami

sampaikan kepada pemain. Selanjutnya kami akan menggarap taktik dan kebutuhan strategi melawan Persis,” lanjut EP, begitu sapaannya. Selain itu, EP mengaku akan memberikan suntikan mental di tiap sesi latihan, mengingat banyaknya persoalan yang mempengaruhi psikis pemain. Apalagi usai menerima kekalahan telak dari Laskar Rajawali Patriot. “Tentu, mental sangat penting. Setidaknya kebutuhan strategi semuanya akan kami persiapkan secara imbang, seperti taktik, teknik, mental dan fisik,” paparnya lagi. Tidak Komplit Namun, pada pesiapan yang digelar PSIS di Stadion Jatidiri, kemarin, sedikit mengalami kendala. Pasalnya, ada dua pemain pilarnya yang belum bisa mengikuti latihan. Mereka adalah Iswandi Da’i dan I Komang Putra. “Iswandi mengalami dehidrasi sepulang dari Jakarta, dan ia langsung opname di rumah sakit di Surabaya. Sedangkan I Komang Putra masih ada urusan keluarga di Solo. Kami berharap besok (hari ini) sudah kembali di Semarang,” kata EP. Selain itu, bek Simon Kujiro juga belum bisa mengikuti latihan bersama rekan-rekannya karena cedera otot pahanya belum pulih. Mantan pemain Semarang United ini terlihat berlatih ringan di pinggir lapangan, kemarin. (rif)

Persis Tanpa Dua Pilar

HARSEM/ISTIMEWA

Fernando Soler (kiri) tak bisa merumput saat Persis menantang PSIS

KEMENANGAN Persis Solo atas PSCS dengan skor 5-0 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Manahan, tempo hari, justru memberikan keuntungan tersendiri bagi PSIS. Apa Pasal? Tim besutan Junaidi tersebut dipastikan tidak diperkuat dua pemain pilarnya saat menantang Mahesa Jenar di Stadion Jatidiri, Sabtu (3/3), akibat akumulasi kartu kuning. “Dua pemain pilar Persis yang harus absen saat main tandang ke kandang PSIS, yakni kapten tim Affan Lubis (gelandang) dan Fernando Soler (striker), karena keduanya terakumulasi kartu kuning,” kata Pelatih Persis Solo, Junaidi, Senin (27/2). Menurut Junaidi, Persis yang berhasil mengalahkan PSCS Cilacap 5-0, pada Sabtu (25/2), harus kehilangan dua pemain pilar karena terkena akumulasi kartu kuning. “Kami harus merubah skema permainan, karena dua pemain itu, salah satu tulang punggung timnya,” katanya. Kondisi tersebut membuat pelatih yang pernah menangani Persijap Jepara tersebut putar otak. Persis yang awalnya lebih condong ke pola 3-5-2, melawan PSIS akan mengubah strategi menjadi 4-2-3-1. Rencananya, Persis akan

akan memasang empat pemain stoper sekaligus, yakni Michael Ndubuisi, Sofyan Morhan, Asep Winarso, dan Rusdiansyah. “Kemungkinan kami akan bertahan, dan mengandalkan serangan balik,” bebernya. Selain itu, Yogi Alfian dan Ari Yuganda yang biasa menempati posisi sayap belakang akan sedikit digeser ke tengah untuk menutupi empat stoper tersebut. Sementara itu, ban kapten akan diserahkan kepada Imam Rohmawan, yang berposisi sebagai gelandang serang.Kendati demikian, Junaidi juga mempersiapkan skema lain jika 4-23-1 tidak dapat mengimbangi tuan rumah. “Akan kami lihayt sekitar 20 menit awal dulu, jika ada kesempatan polanya bisa berubah menjadi 3-4-3 seperti biasanya. Tapi saat ini kami sedang mematangkan format baru tersebut,” lanjutnya. Ia mengakui, pola empat pemain belakang masih kurang ideal bagi timnya. Terbukti saat menjamu Persipasi Bekasi, Persis kerap mendapat tekanan di akhir babak kedua. “Sempat kuwalahan menggunakan empat pemain belakang, tapi kami lihat dulu lah,” imbuhnya. (wse/rif)

HARSEM/INDRA PRABAWA

SP RT AGAM

rabu, 29 Februari 2012

Oleh Tri Wuryono

nc tv, m g n u ngS 2.30 iS aran La/3) pukul 0

Duel ujicoba Inggris versus Belanda bakal menjadi ajang para pemain untuk cari muka demi posisi di Piala Eropa.

D

RITIS

LWALKOT

CARI MUKA harsem/getty Images

harsem/getty Images

partai terakhir yang tidak pernah menghasilkan pemenang. Total ada 18 pertemuan antara timnas Inggris dengan timnas Belanda.

Lebih Sering Imbang

Februari 2002, duel kedua tim tangguh Eropa itu belum melahirkan pemenang. Termasuk laga tersebut, sudah ada empat pertemuan antara Inggris dan Eropa yang berakhir imbang--yang terakhir terjadi pada 12 Agustus 2009. Keempat-empatnya terjadi dalam laga friendly. Dengan rekor pertemuan tersebut, laga friendly antara kedua kesebelasan di Stadion Wembley pada tengah pekan ini niscaya akan kembali berjalan sengit. ***

Dari 18 pertemuan tersebut, Inggris berhasil meraih lima kemenangan dan mengungguli Belanda yang mencatatkan empat kemenangan. Sementara sembilan laga lainnya berakhir imbang. Namun, Inggris kesulitan menundukkan Belanda dalam 11 pertemuan terakhirnya. Tercatat, hanya satu kali Inggris meraih kemenangan dari 11 laga tersebut. Semenjak hasil imbang 1-1 dalam laga friendly di Amsterdam pada 13

UA tim tangguh Eropa bakal pamer kekuatan di Stadion Wembley, Kamis (1/3) dinihari WIB saat Inggris meladeni pasukan total football Belanda. Duel ini akan dijadikan ajang untuk mencari formula yang pas sebelum pertempuran di putaran final Piala Eropa, Juni mendatang. Partai ini menjadi ujian pertama The Three Lions pascapengunduran diri Fabio Capello, awal bulan ini. Stuart Pearce yang diberi mandat untuk memegang kendali Steven Gerrard cs punya kesempatan unjuk gigi, sebelum FA memermanenkan pelatih skuad Tiga Singa untuk Piala Eropa. Namun, Pearce bakal mendapat tantangan berat dengan absennya pemain-pemain langganan timnas. John Terry masih dibebat cedera dan tidak disertakan dalam daftar pemain St George Cross. Sedangkan duet Terry di timnas, Rio Ferdinand juga tak dipanggil. Pearce juga tidak memanggil gelandang Chelsea Frank Lampard. Steven Gerrard, meskipun dimasukkan tapi kebugarannya dipertanyakan karena baru saja membela Liverpool di

11 5

partai final Piala Liga Inggris. Jadilah Pearce mengandalkan pemain-pemain muda dan beberapa debutan untuk meladeni De Oranje. Pelatih tim Olimpiade Inggris tersebut menyertakan tiga muka baru, Fraizer Campbell (sunderland), Kyle Walker (Tottenham), dan Tom Cleverly (MU). Tanpa duet bek senior tersebut dinilai bakal memberi keuntungan bagi Belanda. Winger De Oranje Arjen Robben tidak adanya Ferdinand dan Terry di jantung pertahanan Inggris membuat lawannya itu akan lebih mudah diserang. “Absennya Terry dan Ferdinand adalah sebuah masalah besar, itu tidak akan membantu tim mereka,” ucap pemain Bayern Munich itu di Daily Star. “Mereka, para pemain berpengalaman tahu bagaimana berurusan dengan momen-momen besar dan vital buat tim Inggris.” Sementara, di kubu Belanda, pelatih Bert van Marwijk mencoret gelandang Tottenham Rafael van Der Vaart karena cedera. Pemain itu juga telah meninggalkan kamp latihan untuk menjalani pemulihan cedera engkelnya. Sebelumnya, KNVB juga telah mencoret nama Michel Vorm dari skuat timnas Oranye. Sebab, penjaga gawang Swansea City itu saat ini tengah terserang virus perut. Sebagai gantinya, van Marwijk memberi kesempatan kepada penyerang Ola John (Twente) dan Luciano Narsingh (Heerenveen) melakukan debut di timnas senior. ***

harian semarang

(1 UKUM kamis & KRIMINAL

PERTEMUAN Inggris kontra Belanda menjanjikan permainan ketat hingga akhir. Apalagi jika menilik rekor perjumpaan keduanya dalam liga

harian semarang

4

harian semarang

16

harian semarang

8

SKUAD INGGRIS Kiper: Joe Hart (Man City), Scot Carson (Wes Brom) Bek: Gary Cahill (Chelsea), Ashley Cole (Chelsea), Leighton Baines (Everton), Glen Johnson (Liverpool), Phil Jones (Manchester United), Micah Richards (Manchester City), Chris Smalling (Manchester United), Kyle Walker (Tottenham Hotspur). Gelandang: Gareth Barry (Manchester City), Tom Cleverley (Manchester United), Stewart Downing (Liverpool), Adam Johnson (Manchester City), Steven Gerrard (Liverpool), James Milner (Manchester City), Scott Parker (Tottenham Hotspur), Ashley Young (Manchester United), Theo Walcott (Arsenal). Penyerang: Darren Bent (Aston Villa), Fraizer Campbell (Sunderland), Daniel Sturridge (Chelsea), Wayne Rooney (Manchester United), Danny Welbeck (Manchester United)

SKUAD BELANDA Kiper: Tim Krul (Newcastle United), Maarten Stekelenburg (AS Roma) Bek: Khalid Boulahrouz (Vfb Stuttgart), Jeffrey Bruma (Hamburg SV), Joris Mathijsen (Malaga), Erik Pieters (PSV Eindhoven), Ron Vlaar (Feyenoord Rotterdam), John Heitinga (Everton). Gelandang: Mark van Bommel, Urby Emanuelson (AC Milan), Nigel de Jong (Manchester City), Stijn Schaars (Sporting Lisbon), Wesley Sneijder (Inter), Kevin Strootman, Georginio Wijnaldum (PSV), Rafael van der Vaart (Tottenham Hotspur). Penyerang: Klaas-Jan Huntelaar (Schalke 04), Ola John, Luuk de Jong (FC Twente), Dirk Kuyt (Liverpool), Luciano Narsingh (SC Heerenveen), Robin van Persie (Arsenal), Arjen Robben (Bayern Munich)

Bahrain vs Indonesia

Jerman vs Perancis

Garuda Muda Cari Pengalaman

Gengsi Juara Dunia

harsem/reuters

MESIN Der Panzer bakal kembali Sung rcti, menderu kala menjamu Perancis Siaran Langpukul 02.30 dalam laga ujicoba yang digelar di /3) kamis (1 Bremen, Kamis (1/3) dinihari. Meski hanya berlabel ujicoba, partai ini tetap menyajikan gengsi dua negara yang samasama pernah mencicipi manisnya gelar Piala Dunia. Jerman tiga kali memenangi Piala Dunia, yang terakhir pada 1990 di Italia. Sementara, Perancis baru satu kali, yakni pada 1998, saat kejuaraan digelar di negeri sendiri. Fakta bahwa Jerman lebih banyak merasakan gelar Piala Dunia dan menjadi spesialis turnamen, bukan jaminan mereka bakal unggul atas Perancis. Rekor head to head justru mengunggulkan Les Blues. Secara keseluruhan, Prancis masih unggul rekor pertemuan atas Jerman sejak keduanya bertemu pada 1931. Dari 23 kali bentrok, Prancis menang 10 kali dan Jerman menang 7 kali. Tapi, Der Panzer memiliki beberapa kemenangan historis atas Prancis. Berturut-turut di Piala Dunia 1982 dan 1986. Jerman yang saat itu masih berbendera Jerman Barat berhasil menaklukkan Prancis 2 kali di semifinal. Meski dalam dua edisi itu pula Jerman gagal meraih trofi, kemenangan historis itu tentunya masih dapat dijadikan motivasi dalam laga nanti. Namun begitu kemenangan Jerman atas Prancis tidak berarti di laga persahabatan. Jerman lebih banyak takluk di laga ujicoba. Bahkan setelah Jerman Barat dan Timur bersatu, Der Panzer belum pernah menang atas Les Bleus. Pelatih Jerman Joachim Loew tetap yakin pada anak asuhnya. Pemain muda macam Mesut Oezil dan Toni Kroos makin matang, ditambah para debutan Marco Reus, Lars Bender dan Andre Schurrle yang makin padu dengan tim. Sementara itu senior Miroslav Klose dan Philipp Lahm siap mewariskan ilmunya. Meski tanpa Lukas Podolski, Per Mertesacker dan Mario Gotze yang masih cedera, Loew dapat mengandalkan Marco Reus dan Andre Schurrle untuk melengkapi pasangan lini tengah Sami Khedira dan Oezil. (twu)

BEBAN berat dipikul pelatih timnas Indonesia Aji Santoso. Di tengah kondisi persepakbolaan yang carut

Piala Dunia Grup E melawan Bahrain. Aji Santoso tidak bisa menyertakan pemain-pemain yang berlaga di ISL yang tidak diakui PSSI. Nama-nama seperti Firman Utina, Bambang Pamungkas, dan juga Christian Gonzales tak masuk dalam daftar skuad timnas yang diberangkatkan untuk menghadapi Bahrain, hari ini, di Bahrain National Stadium. Mereka digantikan i, t c oleh pemain-pemain baru r g n u S Siaran Langpukul 20.00 seperti Taufiq dan Rendi /2) Irawan yang keduanya rabu (29 berasal dari klub Persebaya Surabaya, atau Slamet Nurcahyo, pemain debutan asal klub Persiba Bantul. Namun, Aji menolak menyerah sebelum bertanding. Dia hanya ingin para pemainnya bisa merasakan Diego Michaels (kanan) atmosfer pertandingan internasional. harsem/IstImewa Selain itu, dia juga mengakui bahwa kualitas anak buahnya memang jauh di marut, mantan bek di era 90 an bawah calon lawan. ini harus memimpin skuad Garuda “Pertandingan di Bahrain bertujuan menjalani partai terakhir kualifikasi

agar mereka bisa merasakan atmosfer laga internasional. Itu yang penting. Pokoknya anak-anak bisa tampil fight, tampil lepas bisa mengambil pelajaran itu yang terpenting menurut saya,” katanya. Di Bahrain nanti, Aji akan menginstruksikan para pemain agar lebih rapi dalam bertahan dan mengutamakan komunikasi di atas lapangan. Keputusan untuk menurunkan skuad muda ini lantas menimbulkan cibiran. Salah satunya adalah tim penghuni Grup E lainnya, Qatar, yang khawatir timnas Indonesia bakal menjadi lumbung gol bagi Bahrain. Jika benar Ferdinand Sinaga dkk. kalah telak maka itu bisa mengancam langkah Qatar ke babak berikutnya, apabila tim besutan Paulo Autuori itu kalah dari pimpinan klasemen, Iran, di laga pamungkas. Kita tunggu saja, kejutan seperti apa yang bakal diberikan pasukan Garuda Muda di Bahrain. (twu)

Stoner Tercepat di Sepang PEBALAP Repsol Honda Casey Stoner menunjukkan dominasinya di hari pertama tes MotoGP di Sirkuit Sepang. Ia mengakhiri tes hari pertama, Selasa (28/2) sore WIB, sebagai yang tercepat. Ini adalah tes kedua yang digelar di Sepang setelah sebelumnya tes juga digelar di tempat yang sama pada 31 Januari hingga 2 Februari lalu. Dalam tes yang selesai pada pukul 18.00 waktu setempat, Stoner mencatatkan waktu tercepat yaitu 2 menit 1,761 detik setelah melahap 16 lap. Pebalap Repsol Honda itu unggul 0,244 detik dari rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang ada di posisi dua. Pedrosa mengakhiri tes dengan

catatan waktu tercepat 2 menit 2,005 detik setelah mengitari lintasan sebanyak 36 kali. Posisi ketiga dihuni oleh Jorge Lorenzo. Ia menyelesaikan 22 lap dengan catatan waktu terbaik 2 menit 2,436 detik. Ben Spies menjadi yang tercepat keempat dengan catatan waktu 2 menit 2,819 detik dari 31 lap. Sementara Alvaro Bautista ada di posisi lima setelah menyelesaikan 24 lap dengan catatan waktu tercepat 2 menit 2,959 detik. Valentino Rossi mengakhiri tes hari pertama di posisi kedelapan. Pebalap Ducati itu melahap 39 lap dengan catatan waktu tercepatnya 2 menit 3,245 detik. ***

harsem/getty Images

pendidikan KKN, Cegah Broken Home MAHASISWA KKN Undip mengembangkan budidaya teknik verticulture di Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Demikian diungkap koordinator Kecamatan Mejobo, Fani Singgih Suprabowo. Dijelaskan, program di antaranya lomba cerdas cermat, donor darah, dan media tanam (verticulture). “Kegiatan ditujukan untuk ibu-ibu PKK,” jelasnya. Dijelaskan, verticulture adalah sistem budidaya pertanian yang dilakukan vertikal atau beringkat. “Diterapkan pada sayuran pada lahan terbatas yang dibuat bertingkat menggunakan bangunan atau tempat khusus,” ujar mahasiswa Fakultas Hukum Undip ini. Dikatakan, masyarakat menyambut baik program yang diselenggarakan. “Kami mencoba dekat dengan masyarakat. Mereka menyambut positif kehadiran kami,” kata dia. Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Undip, I Wayan Sukarya Dilaga mengatakan, kebijakan Undip untuk tetap menyelanggarakan KKN adalah wujud tridharma perguruan tinggi. Dijelaskan, mahasiswa KKN juga harus mau membantu masyarakat terutama di bidang ekonomi. “Mereka harus bisa menerapkan ilmu dan menggali potensi lokal sehingga masyarakat Mejobo maju dan terangkat potensinya,” jelasnya. Dosen pembimbing lapangan (DPL) Kecamatan Kaliwungu, Sarjito, mengatakan program unggulan KKN di Kudus juga fokus pada pendidikan keluarga. Berupa pelatihan manajemen rumah tangga untuk membentuk keluarga sehat, ideal dan harmonis. “Sederhana saja kok tujuannya, menghindari broken home dan menciptakan masyarakat lebih sejahtera lahir batin yang dimulai dari keluarga yang baik,” ungkapnya. (awi/nji)

12

RABU, 29 Februari 2012

6 PTS Kembangkan Service Learning Oleh Sokhibun Ni’am Enam PTS bekerjasama memberikan layanan pendidikan kepada mahasiswa. Format pelayanan masih digodok.

E

NAM perguruan tinggi swasta (PTS) bersinergi mengembangkan program service learning sebagai metode perkuliahan mahasiswa. Dengan program service learning tersebut diharapkan

akan tercetak mahasiswa-mahasiswa berkualitas, baik keilmuan dan kepribadiannya. Keenam PTS tersebut adalah Unika Soegijapranata, Universitas Wahid Hasyim, Universitas Sanata Dharma, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Kristen Satya Wacana, dan Universitas Katolik Driya Karya. Sebagai langkah awal persiapan penerapan program tersebut, perwakilan dari masing-masing PTS mengikuti workshop Service Learning for Environmental Action, di kampus Unika Soegijapranata, Selasa (28/20). Workshop diselengarakan sekaligus sharring tersebut diisi oleh pakar dari

De La Salle University Filipina Marlon C Pareja, Ketua LPPM Universitas Kristen Petra Prof.Lilianny S Arifin, dan Rektor Unika Soegijapranata Prof Budi Widianarko. Prof Budi Widianarko menerangkan, program service learning penting diterapkan dalam perkuliahan mengingat program yang mengkombinasikan kegiatan pembelajaran dalam kelas, pengabdian masyarakat, dan pengembangan karakter atau kepribadian tersebut tidak hanya akan membuat para mahasiswa menguasi teori, tetapi juga bisa memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat dengan hasil observasinya.

“Selain itu, kepribadian mahasiswa juga akan sebab setalah melakukan observasi mereka dituntut untuk melakukan refleksi atas semua hal yang ia jumpai ketika berada di lapangan,” jelasnya, usai memberikan materi workshop. Unika sendiri, ia katakan, sangat mendukung dan akan segera menerapkan program service learning ini. “Sekarang masih dalam proses pengkajian. Mengenai penerapannya apakah akan diberlakukan untuk semua mata kuliah atau tidak sekarang ini masih kami kaji secara mendalam,” imbuhnya. (nji)

Kodoatie: Bencana Bisa Dideteksi

DARI 38 jenis bencana di dunia, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memiliki ke-38 jenis secara lengkap. Sehingga diperlukan antisipasi untuk menanggulanginya. Dosen Teknik Sipil Undip RJ Kodoatie mengatakan, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memiliki 38 jenis bencana. Kebanyakan disebabkan air, seperti longsor dan banjir. “Bencana bisa diprediksi. Gampang cara mendeteksinya. Longsor tidak ada hubungannya dengan hujan namun dengan air. Kalau ada air pasti potensi longsor, terutama di daerah hulu,” jelasnya. Terkait penanganan pemerintah lebih cenderung penanganan saat bencana. Bencana yang terjadi 60% gara-gara air termasuk sedimentasi lahar dingin. “Pernah buat peta pengelolaan bencana. Peta tersbeut harus disosialisasikan ke warga, jadi saat kejadian warga bisa tahu bagaimana harus bertindak,” ungkapnya. Sayangnya, di Indonesia masih lemah dalam koordinasi. Sehingga penanganan bencana kurang maksimal. (wara/nji)

Hari ini, Terakhir SNMPTN Undangan PENDAFTARAN Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan hari ini (29/2) ditutup pukul 18.00 WIB. Sekolah yang belum melakukan entri data diharapkan segera melakukan proses tersebut. Ketua Panitia SNMPTN Jalur Undangan dari Unnes Suhadi mengatakan, sekolah juga diminta segera memberikan nomor pendaftaran kepada siswa agar mereka bisa melakukan proses selanjutnya. Dia menambahkan, hingga kini jumlah siswa yang mendaftar masih minim, di bawah 40%. “Jangan sampai siswa yang berhak ikut, dirugikan karena kelalaian sekolah,” paparnya. Dia mengatakan, melalui SNMPTN Jalur Undangan, Unnes akan menerima 3.854 mahasiswa baru. Sementara SNMPTN Jalur Ujian Tulis/Keterampilan 1.642 orang. Kahumas Unnes Sucipto Hadi Purnomo menyebutkan, penutupan pendaftaran berlaku pada entri data sekolah dan siswa yang harus dilakukan. Sementara pendaftaran siswa hingga 8 Maret mendatang. “Siswa bisa mendaftar hingga 8 Maret,” katanya. (sna/nji)

Kursus Pembina IKIP PGRI-Unnes

SEBANyAK 1132 mahasiswa PGSD Unnes dan IKIP PGRI Semarang mengikuti Kursus Pembina Tingkat Mahir Dasar (KMD) (4-26/2). Kegiatan diadakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Semarang. Peserta diberi pembekalan dasar-dasar pendidikan dan latihan calon pembina. Selain teori dan praktik, juga dilakukan uji materi aplikasi kegiatan lapangan dan penghayatan peserta didik. Kegiatan diadakan di kampus Unnes dan IKIP PGRI. Ditutup kemah di lapangan Medan Latihan Kodam IV Diponegoro, Tembalang. Acara ditutup 26 Februari oleh Wakil Kwarcab Kota Semarang, Gunawan Surendro. “Gerakan pramuka merupakan pendidikan nonformal diharapkan menjadi solusi bagi permasalahan kaum muda saat ini. Salah satunya membekali calon pembina dengan teknis membina yang benar,” ujarnya. Dikatakan, itu bukan tugas ringan. “Kursus yang melibatkan peserta seribu lebih bertujuan menyiapkan calon pembina yang benar-benar andal,” ungkapnya. Pada upacara penutupan, dilakukan penyerahan kembali para mahasiswa dari Pusdiklat Kwarcab Kota Semarang kepada pimpinan perguruan tinggi. Diserahkan pula sertifikat pembina kepada mahasiswa yang dinyatakan lulus. Sebanyak 1.129 orang dinyatakan lulus, dan 4 gagal (ditunda). (awi/nji)

HARSEM/DOK

Siswa kelas VI SD Negeri Jatisari Kecamatan Mijen Kota Semarang tengah mengerjakan try out Ujian Nasional SD/MI yang diselenggarakan UPTD Pendidikan Kecamatan Mijen, Selasa-Kamis (21-23/02)

Dian Ekawati, Salah Satu TK Tertua Diminati, Kelas PULUHAN siswa taman kanakkanak tampak berebut ganti bermain panjat jaring. Sebagian berlari atau main ayunan. Barangkalai tanpa disadari, , mereka belajar di TK yang sangat tua, mungkin usianya melebihi orangtua mereka. TK Dian Ekawati di Kampung Krapyak Kelurahan Bintoro, Demak, merupakan Taman Kanakkanak yang sangat tua, kendati pengurusnya dari pensiuanan PNS, tidak sedikit prestasi lahir dari sana. Pertama didirikan tahun 1973, TK Dian Ekawati merupakan binaan Yayasan Pengapu dari Departemen Penerangan RI. Tahun 2000 lalu, lembaga penerangan ini ditutup. TK Dian Ekawati menjadi dilematis, akan ikut ditutup atau tetap eksis. “Karena ingin mencerdaskan bangsa, kami sepakat terus melanjutkan operasional TK Dian Ekawati sampai sekarang,” ungkap Pembina Yayasan, Sudarsono didampingi pengurus lain Budiyanti, Susilowai, Stiyowati, dan Kepala TK Ari Dwi Kustiani kemarin. TK Dian Ekawati merupakan TK bertingkat Nasional, hanya ada dua di Indonesia, yaitu di Demak dan

Kerjasama Polines-PLN

Siswa TK Dian Ernawati tengah bermain di sekolah Jakarta. TK yang berusia 39 tahun ini telah meluluskan sedikitnya 2.800 alumni, yang sebagian pejabat di kota Wali. Budiyanti menambahkan, TK Dian Ekawati merupakan tempat belajar bagi masayarakat berekonomi lemah, biaya pendidikan sangat murah hanya Rp 50 ribu perbulan. “Namun tidak sedikit siswa miskin yang digratiskan,” imbuhnya.

HARSEM/SUKMA WIJAYA

Dalam perkembangannya, TK Dian Ekawati memilki tiga kelas yang diisi 81 siswa terbagi dengan kelompok A usia 4-5 tahun, kelompok B2 usia 4 tahun dan kelompok B1 untuk usia 5-6 tahun. Bahkan untuk mengisi waktu belajar siswa, yayasan membuka kelas sore untuk pendidikan Alquran bernama TPQ Miftahul Jannah yang sekarang diikuiti 110 siswa dari jenjang pendidikan TK, SD, dan SMP. (swi/nji)

SELEKSI jalur kelas kerjasama Politeknik Negeri Semarang (Polines) dengan PLN dipadati peserta. Panitia mencatat setidaknya sekitar 1.016 peserta mengikuti ujian tertulis. Wakil Direktur I Polines, Suparni Setyowati Rahayu mengatakan, animo pendaftar meningkat hampir tiga kali lipat dibanding tahun lalu. Jalur tersebut favorit karena kelak bisa diangkat sebagai pegawai PLN. “Selain itu, fasilitas studi yang disediakan juga menggiurkan, di antaranya pada semester 6 mahasiswa akan mendapat uang saku dari PLN sebesar Rp 850 ribu. Bagi mahasiswa yang menempati rangking 1, 2, dan 3 juga berhak mendapat beasiswa PLN,” jelasnya di sela-sela peninjauan pelaksanaan ujian tertulis, di kampus Polines, Minggu (26/2). Peserta tidak hanya dari Jateng, tetapi juga DIY, Papua, Riau, Kalsel, Jabar, Banten, Jatim, dan NTB. Program studi yang dibuka di antaranya D3 teknik listrik konsentrasi gardu induk/sistem transmisi dan distribusi, dan D3 teknik konversi energi konsentrasi sistem pembangkit tenaga listrik. Materi ujian yakni matematika, fisika, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Jika lolos tes tulis, peserta mengikuti psikotes, tes kesehatan, wawancara dengan sistem gugur. Hasil tes tulis akan diumumkan hari ini (28/02). Psikotes dilaksanakan 4 Maret. (sna/nji)

Lomba IT Berhadiah Rp 75 Juta DIAN Nuswantoro Computer Club (DNCC) mengadakan lomba IT Competition 2012 bagi siswa SMA sederajat se-Jawa Tengah. Lomba memperebutkan hadiah total Rp 75 juta. Ditambah 3 buah PC tablet dan hadiah lain dari sponsor. Ketua Panitia Septi Harshanti yang juga Wakil Ketua II DNCC mengatakan, lomba diikuti 36 sekolah seluruh Jawa Tengah. Bapak penyisihan diadakan setiap SabtuMinggu, sejak 19 Februari lalu. “Babak penyisihan sudah dimulai sejak dua pekan lalu dan masih berlangsung. Final akan diadakan 11 Maret mendatang,” jelasnya. Dalam setiap babak penyisihan, tiga tim berlaga adu kecerdasan dan wawasan perihal dunia IT. Yang terbaik, akan maju ke semifinal dan final. “Ada 6 materi yang diujikan, yakni sejarah komputer, multimedia, pemrograman, hardware, software, dan perangkat lunak,” jelas Deni Kurniawan salah satu panitia. Lomba dihelat di lantai III Gedung E Kampus Udinus Jalan Nakula-Sadewa

Semarang. Babak final akan siarkan langsung oleh TVKU. Sponsor yang turut mendukung di antaranya Harian Semarang, Primagama, Dinustech, Pertamina, Sosro, Dyriana, Miulan Boutique, Bank Jateng, Fourteen FM dan juga MD Solution. Menurut Pembina DNCC, Rindra Yusianto, lomba untuk menjaring bibit-bibit terbaik bidang teknologi informasi. “Makanya, para juara akan mendapat voucher beasiswa masuk Udinus,” jelas dosen Fakultas Teknik Informasi ini. Hal ini, menurut dia, sebagai pengejawantahan Udinus sebagai salah satu kampus IT terbaik di Indonesia. “Boleh dibilang, branding Udinus adalah teknologi informasi. Ini yang akan kami perkuat,” jelasnya. Selain hadiah uang tunai, para juara akan mendapat voucher beasiswa. Juara pertama (satu 3 orang) masing-masing mendapat voucher beasiswa penuh sebesar Rp 17,5 juta. Adapun juara kedua dan ketiga masing-

HARSEM/DOK

Peserta lomba tengah beradu wawasan di bidang teknologi informasi dalam lomba IT di Udinus masing 75% dan 50% beasiswa. Harapannya, para juara bersedia kuliah

di Udinus untuk memperkuat brand kampus teknologi informasi. Rindra mengatakan,

tahun ini lomba sudah memasuki tahun kedua. (awi/nji)


HARIAN SEMARANG 290212