Issuu on Google+

Langganan Rp 40.000/bulan Hubungi Lukman 024-74055917

EDISI 732 jumAt Pon, 20 januari 2012 25 Shafar 1433 H Terbit 12 Halaman

Redaksi Telp 024-3518359, Fax. 024-3516531 Iklan & Sirkulasi Telp 024-3516531, 91507718 Fax. 024-3516531

Bambang Guritno Diburu Oleh nino Adisumarto

HARSEM/GETTYIMAGES

BomBer Baru newcastle newcastle bersiap menyambut Papis Demba Cisse, bomber anyar yang dipinang dari Freiburg. Dengan nomor 9, Papis bakal identik dengan Alan Shearer, penyerang timnas Inggris yang menjadi ikon serta mesin gol Newcastle. Baca beritanya di halaman 11. (rif)

Biarpun mungkin Bambang Guritno leha-leha di luar sana setelah menikmati hasil korupsinya, tapi hukum tetap memburunya hingga ujung dunia.

M

antan Bupati Semarang Bambang Guritno, alias BG, terpidana kasus buku ajar APBD 2004 senilai Rp 3,5 miliar, tetap dijadikan target pencarian Kejaksaan Negei Ambarawa. Sejak dinyatakan sebagai daftar pencarian orang (DPO) oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambarawa pada 21 Maret 2011 lalu, hingga kini Bambang Guritno belum diketahui rimbanya. Kejaksaan menduga sulitnya penangkapan terhadap BG disebabkan upaya pengejaran telah dobocorkan oleh oknum pejabat tertentu yang memiliki hubungan kedekatan

dengan terpidana. “Karena terpidana memiliki banyak hubungan dengan kalangan pejabat, kami duga langkah pengejaran oleh Kejaksaan telah dibocorkan oleh pejabat tertentu,” terang Kasi Pidana Khusus Kejari Ambarawa, Antonio M Araujo, kemarin diruang kerjanya. Menurut Antonio, saat ini pihaknya masih terus melakukan pengejaran terhadap BG, guna menjalani eksekusi putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) yang menguatkan putusan banding PT,

Bersambung Hal 7

HARSEM/NINO ADISUMARTO

Kasi Pidsus Kejari Ambarawa Antonio Araujo menunjukkan pamlet pencarian terpidana Bambang Guritno

HARSEM/NINO

Pujiono dan ulfa

Disidangkan, Permohonan Poligami Syeh Puji Pengadilan Agama Ambarawa kemarin menyidangkan gugatan permohonan izin poligami yang diajukan oleh Pujiono Cahyo Widianto alias Syeh

Puji untuk menikahi Lutfiana Ulfa. Sidang yang mengagendakan pemeriksaan saksi-saksi ini dihadiri Syeh Puji Bersambung Hal 7

WONGE DHEWE Rustriningsih

harus amanah Wagub Jateng Rustriningsih belum berpikir kembali mencalonkan diri dalam Pilgub 2013. Ia akan fokus menyelesaikan jabatannya sebagai wakil gubernur. Saat disinggung apakah ada parpol yang sudah merayunya, mantan Bupati Kebumen ini berkilah bahwa silaturahmi dengan banyak pihak, termasuk partai, cukup bagus. “Kesempatan untuk maju (dalam Pilgub) terkait dengan amanah. Dan amanah tidak bisa lepas dari garis yang Maha Kuasa. Mau dikejar seperti apapun jika bukan jatah kita maka sangat sulit direalisasikan,’’ paparnya. Setuju, Bu! (rif)

HARSEM/INDRA PRABAWA

PSCS

PSiS

julukAn Laskar Nusakambangan, Hiu Selatan

julukAn Mahesa Jenar

DiDirikAn 1970

DiDirikAn 18 Mei 1932

StADion Wijayakusuma (kapasitas 10.000)

StADion Jatidiri (kapasitas 23.000)

SuPorter Lanus (Laskar Nusakambangan)

SuPorter Panser Biru, SneX

Berjuang di bumi Nusakambangan minus Vitor Borges (belakang kiri) dan Sumardi (depan kanan) HARSEM/INDRA PRABAWA

butuh Poin, Tanpa borges PSiS memikul tugas berat saat dijamu PSCS Cilacap di Stadion Wijayakusuma Cilacap, sore ini. Pasalnya, salah satu mesin golnya absen karena mendapat kartu merah saat menjamu PSIR Rembang di Stadion Jatidiri, pekan lalu. Selain itu, blok belakang Mahesa Jenar tidak diperkuat Achmad

Sumardi yang juga absen karena akumulasi kartu kuning. Padahal dua pemain tersebut memberi kontribusi tinggi pada tim. Kendati demikian, pelatih PSIS Edy Paryono mengaku tidak gentar menghadapi PSCS.

SneX Tetap Tur Cilacap MeSki baru saja berkabung, suporter SneX tetap akan mendukung PSIS saat berlaga versus PSCS Cilacap, sore hari ini. “Memang kami masih dalam suasana berkabung, tapi kami tetap harus mendukung PSIS,” kata bendahara SneX Susi.

Bersambung Hal 7

Bersambung Hal 7

romantika

Tuduh Istri Selingkuh, Suami Masuk Bui Dalam ajaran Agama, seorang istri jika ingin masuk surga harus taat pada suaminya, dan bisa menjaga rahasia keluarga. Hal itu disadari penuh oleh Fatimah (30), istri seorang tokoh agama yang tinggal di Pati. Fatimah selalu taat pada perintah suaminya, sebut saja Ilyas (40). Dia tak pernah membangkang. Apapun keadaan ekonomi suaminya, dia tetap sabar dan tawakal. Bahkan, Fatimah tetap diam

dan menyimpan rahasia rumah tangganya. Yaitu tidak pernahnya ia diberi nafkah batin oleh Ilyas. Pria yang dia kira strong itu tak pernah mendatanginya sebagaimana mestinya suami istri dalam kamar. Tak pernah dia curhat atau bercerita pada orang lain soal kehidupan rumah tangganya itu. Wanita memendam rapat-rapat soal itu hingga 9 tahun lamanya. Hatinya yang dipenuhi keimanan, terus menyikapinya sebagai ujian dari Tuhan. Ia meyakini, Allah tidak akan menguji hamba-Nya di luar dengan kemampuan si hamba.

Bersambung Hal 7

HARSEM/SUKMA WIJAYA

Kasubag Humas Polres Demak meminta keterangan kronologi kejadian

Kapolres Demak Upayakan Damai

Tawuran Antardesa tawuran antarremaja desa akibat kesalahpahaman kembali terulang di Demak. Kali ini terjadi antara warga Desa Bandungrejo dengan warga Desa Jatirejo. Beruntung dalam tawuran yang melibatkan puluhan remaja itu tak menimbulkan korban jiwa.

Bersambung Hal 7

Di RumAh Polisi, AvAnzA RAib MeSki di rumah seorang polisi, belum tentu ada garansi aman dari pencurian. Buktinya, Toyota Avanza B 1783 UOA yang diparkir di depan rumah seorang perwira raib disikat maling, Rabu malam.

Bersambung Hal 7

lawangsewu Jurusan Jakarta KA

Berangkat

Argo Anggrek

SmgTwg

12.00

Gambir

Argo Anggrek

Smg Twg

00.00

Argo Sindoro

Smg Twg

05.30

Argo Muria

Smg Twg

Sembrani

Gumarang

Jurusan Jakarta

Datang

Kelas

KA

Berangkat

17.54

Eks

Senja Utama

Smg Twg

20.00

Gambir

05.52

Eks

Fajar Utama

Smg Twg

08.00

P Senen

Gambir

11.25

Eks

Matarmaja

Smg Pcl

00.58

P Senen

16.00

Gambir

22.03

Eks

Brantas

Smg Pcl

19.30

T Abang

Smg Twg

23.03

Jkt Kota

05.25

Eks

Kertajaya

Smg Pcl

20.46

P Senen

Smg Twg

12.00

Jkt Kota

18.30

Eks Bis

Tawang Jaya

Smg Pcl

19.00

P Senen

Jurusan Surabaya

Datang

PDIP Segera Ganti Sriyono PDIP menanggapi serius pengunduran diri Sriyono dari partai tersebut, yang kini masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Semarang. Tindak lanjut itu berupa usulan permintaan Pergantian Antar Waktu (PAW) atas diri Sriyono dari DPC PDIP. Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang Supriyadi mengatakan, pihaknya telah mengirim surat usulan tersebut kepada Sekretaris DPRD (Setwan). Dengan telah dikirimnya surat tersebut ke sekwan, maka diharapkan proses PAW segera dilakukan sesuai aturan yang berlaku. Ketentuannya, kata dia, yakni surat tersebut akan dirapatkan bersama pimpinan DPRD, setelah itu disetujui walikota. Dari situ, sekwan kemudian mengirimkan surat kepada gubernur dan menunggu surat pemberhentian Sriyono dari Gubernur Jateng. “Untuk proses mendapatkan surat pengangkatan dan penetapan dewan yang baru memang lebih lama karena ada proses verifikasi oleh KPU,” katanya. Ditanya soal pengganti Sriyono, ia menjawab, calon kuatnya yakni Joko Susilo. Karena sesuai hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2009, Joko Susilo memperoleh suara terbanyak di bawah Sriyono di Daerah Pemilihan (Dapil) I yakni Kecamatan Semarang Barat dan Semarang Selatan. “Namun untuk dewan yang akan mengisi jabatan wakil ketua DPRD tengah dibahas di internal PDIP. Itu nanti menjadi kewenangan induk partai untuk menentukannya,” tegasnya. Ketika ditanya kesiapannya untuk mengisi jabatan wakil ketua DPRD itu, Supriyadi mengaku siap. Karena, ia menyadari bahwa jabatannya di DPC merupakan pengurus struktural utama. Namun, kesiapannya itu juga harus merupakan keputusan rapat internal partai. “Kalau memang partai mengamanatkan demikian, saya harus siap. Karena jabatan itu adalah amanah,” tegasnya. Sementara, Ketua DPC PDIP Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku, belum bisa menginformasikan soal dewan yang cocok untuk mengisi kekosongan jabatan wakil ketua DPRD dari PDIP itu. Karena hingga sekarang, DPC PDIP belum menggelar rapat.

P Senen

Kelas

KA

Berangkat

Bisnis

Gumarang

Smg Twg

01.01

P Turi

14.51

Bisnis

Kertajaya

Smg Pcl

23.55

07.27

Eko

Argo Anggrek

Smg Twg

15.32

03.20

Eko

Argo Anggrek

Smg Twg

05.10

Eko

Rajawali

Smg Twg

03.02

Jurusan Kediri

Jurusan Bandung

Datang

Kelas

KA

Berangkat

05.22

Eks Bis

Harina

Smg Twg

P Turi

04.40

Eko

P Turi

19.30

Eks

Blora Jaya

Smg Pcl

08.45

03.32

P Turi

07.30

Eks

Blora Jaya

Smg Pcl

17.00

08.25

P Turi

12.50

Eks

Kelas

KA

Berangkat

16.08 04.28

Eks

Brantas

Smg Pcl

Bjnegoro

12.26

Eko

Banyubiru

Smg Pcl

05.00

Bjnegoro

20.48

Eko

Banyubiru

Smg Pcl

13.00

Datang 07.30 20.35

Bdg

Jurusan Bojonegoro

woro-woro Gebyar Keroncong hImPuNaN Artis Keroncong Indonesia (HAMKRI) Kota Semarang kembali akan menggelar konser bertitel Gebyar Keroncong di Museum Ronggowarsito Jalan Abdurrahman Saleh 1 Semarang, pada Kamis 19 Januari 2012 pukul 19.00. Pergerlaran musik keroncong tersebut menampilkan OK Harmoni dari Semarang pimpinan Sutrisno. Gebyar Keroncong itu dilanjutkan dengan acara Warung Keroncong di TBRS pada Rabu 25 Januari 2012 pukul 19.00. Kedua pertunjukan tersebut terbuka untuk umum dan gratis.

lomba Rebana Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1433 H, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) akan mengadakan Lomba Rebana mulai 25 Januari hingga 4 Februari 2012, di Ruang Utama MAJT. Pendaftaran pada 15-23 Januari 2012 Pukul 10.00– 15.00 di Sekretariat BP MAJT Jalan Gajah Raya Semarang. Info: Sekretariat BP MAJT (024-6725412), Anis (085865282951)

latihan Pagar Nusa di majT IKaTaN Pencak Silat NU Pagar Nusa Kota Semarang bekerjasama dengan Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah (Risma JT), mengadakan latihan rutin pencak silat di halaman utara MAJT setiap Minggu pukul 07.00-09.00. Latihan terbuka untuk umum. Selain di MAJT, latihan rutin juga di Gedung Serba Guna NU (Eks PKB Jateng) Jl Walisongo KM 11 Karanganyar Tugu Semarang. CP: Ichwan (024-70806622/081901116622).

Sehat, murah bersama Carrefour CaRReFOuR Srondol Banyumanik setiap hari Minggu mengadakan senam aerobik pukul 06.00 – selesai di pelataran parkir C4. Bagi pengunjung yang ingin mengikuti agenda rutin ini silahkan bergabung dan gratis.

Jurusan Tegal

Datang 01.01

Kelas

KA

Berangkat

07.39

Eko

Kaligung

Smg Pcl

08.35

Tegal

11.33

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

17.00

Tegal

19.44

Bisnis

Solo Blpn

08.11

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

05.55

Tegal

08.45

Eko

Solo Blpn

16.11

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

13.00

Tegal

16.19

Eko

Kediri

Jurusan Solo

Jurusan Jombang

Jurusan Malang

Datang

Kelas

Sumber : DAOP IV Semarang *) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Pedagang: Evaluasi Tarif Retribusi Sampah! 02.16

Eko

Sembrani

Smg Twg

02.21

P Turi

06.34

Eks

Matarmaja

Smg Pcl

21.29

Malang

06.31

Oleh ariel Noviandri

Rencana kenaikan tarif retribusi sampah yang mencapai lebih dari 100% dinilai pedagang pasar terlalu tinggi. Pedagang meminta kenaikan tarif tersebut perlu dievaluasi lagi.

S

ejumlah perwakilan pedagang pasar keberatan atas rencana kenaikan tarif retribusi sampah. Pasalnya, kenaikan tarif itu dinilai terlalu tinggi sehingga dikhawatirkan akan memberatkan para pedagang. Persoalan itu mengemuka saat rapat dengar pendapat (public hearing) Raperda Retribusi Jasa Umum yang digelar oleh Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Semarang di ruang sidang paripurna, kemarin.

Mudatsir, Pengurus Himpunan Pedagang Yaik Semarang (Himpys) menyatakan, kenaikan tarif retribusi sampah sebaiknya dievaluasi lagi, dengan melihat faktor sosial ekonomi masyarakat pedagang. “Kenaikan itu, saya rasa, terlalu tinggi yakni lebih dari 100%. Angka itu perlu dikoreksi lagi sesuai kemampuan masyarakat,” katanya. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Forum Masyarakat Pedagang

Eko

Bangunkarta

Smg Twg

22.32

Jombang

04.56

Eks Bis

Semarang (FMPS) Agus Tyanto. Ia menyoroti persoalan penarikan retribusi sampah tidak hanya dilakukan oleh pemkot tapi juga oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). “Selama ini, penarikan sampah dobel. Untuk itu, perlu ada ketegasan, mana yang harus dibayar, KSM atau Pemkot. Kalau dua-duanya diharuskan bayar terus, yang repot justru pedagang,” kata Agus. Menanggapi protes yang dilayangkan para pedagang itu, Wakil Ketua Raperda Retribusi Jasa Umum DPRD Kota Semarang Anang Budi Utomo menjelaskan, sebenarnya tarif retribusi sampah itu sudah lama direncanakan untuk dinaikkan. Pasalnya, tarif sampah itu sudah 18 tahun belum mengalami kenaikan. “Tarif itu tertuang dalam Perda No.6/ 1993 soal sampah. Selama penerapan

perda itu, tarif sampah sampai sekarang belum pernah naik,” kata Anang. Ia menilai kenaikan tarif sampah itu tidak terlalu tinggi bagi masyarakat umum, termasuk bagi pedagang. Sebelumnya, tarif retribusi sampah per harinya sebesar Rp 150 dan akan dinaikkan menjadi sekitar Rp 500. “Lagian, kalau kita lihat, kenaikannya juga tidak terlalu tinggi. Memang, kalau dilihat soal angkanya, kenaikannya lebih dari Rp 100%. Namun, nilainya kan tetap rendah dan diyakini masyarakat masih mampu kok,” tegasnya. Karena hingga kemarin belum dapat memutuskan besaran nilai tarif retribusi sampah, maka Pansus Raperda Retribusi Jasa Umum masih tetap menerima masukan dari berbagai kalangan sebelum raperda itu disahkan. (ano/jos)

Dewan Pantau Pelayanan di Kecamatan

Pma Kerap Sengketa Buruh DaRI pantauan Komisi D DPRD Kota Semarang, perusahaan berbasis Penanaman Modal Asing (PMA) kerap menemui permasalahan dengan buruh. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang Fajar Adi Pamungkas, kemarin. Menurutnya, permasalahan itu dapat terihat dari intensitas pengaduan buruh yang masuk ke dewan. Dipaparkannya, selama satu bulan terdapat rata-rata tiga pengaduan soal perburuhan yang masuk dalam agenda rapat kerja komisi. Dari angka tersebut, pengaduan buruh yang berasal dari perusahaan PMA paling mendominasi. “Yang mengadu paling banyak itu dari perusahaan asing. Sedangkan dari PMDN (Perusahaan Modal Dalam Negeri) tidak begitu besar,” katanya. Ia menilai, dengan banyaknya buruh dari perusahaan PMA yang mengadu itu, diindikasikan komunikasi perusahaan dengan pekerja belum baik. Selain itu, persoalan yang paling sering diadukan yakni rendahnya tingkat kesejahteraan para buruh. “Seperti persoalan upah, pesangon, dan pemutusan (kerja) sepihak menjadi penyebab utamanya,” ujarnya. Dikatakannya pula, dari persoalan yang dialami buruh itu, kebanyakan selalu dimenangkan oleh pihak perusahaan. Terlebih, saat permasalahan dengan buruh itu telah masuk dalam Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) di mana pihak perusahaan selalu ‘menang’ dari buruh. “Kita (DPRD) kan hanya menerima pengaduan dan ikut memediasi antara buruh dan perusahaan. Kita nggak punya kewenangan untuk memutuskan siapa yang salah atau siapa yang harus bertanggungjawab. Apalagi, kalau urusannya sudah nyampe PHI. Biasanya, kalau sudah nyampe sana, buruh selalu kalah,” tuturnya.

2

JUMaT, 20 Januari 2012 selasa, 26 Oktober 2010

Kondisi shelter di Jalan Sultan Agung, Semarang, penuh dengan coretan dari cat oleh orang yang tidak bertanggungjawab HARSEM/WARA MERdEKAWATi

Belum Dioperasikan, Shelter BRT Dicorat-coret Sejumlah Shelter untuk mendukung operasional Bus Rapit Trasit (BRT) jurusan Terboyo-Pudakpayung, cukup memprihatinkan. Pasalnya, shelter yang baru selesai dibangun ini dicorat coret oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Berdasarkan pantauan, empat dari enam shelter di sepanjang jalan Jalan Perintis Kemerdekaan hingga Jalan Sultan Agung, Semarang, banyak ditemukan coretan. Shelter yang didapati adanya coretan-coretan di antaranya terdapat di shelter jalan Perintis Kemerdekaan atau tepatnya di depan Gedung Baru Badan Keuangan Negara (BKN) Perwakilan Jateng. Masih di Jalan Perintis Kemerdekaan, shelter yang berada di depan Kantor PT Asabri Cabang Semarang juga di dapati Coretan-coretan. Kondisi serupa shelter di depan SMA Don Bosco, Jalan Sultan Agung. Sedangkan shelter yang tidak ada coretannya hanya di Jalan Teuku Umar atau tepatnya di Depan Pos Polisi Jatingaleh.

Aksi vandalisme itu dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab dengan menggunakan cat semprot dengan ukuran yang cukup besar dan tebal. Coretan itu berada di dinding bawah shelter yang saat ini belum digunakan. Menurut keterangan sejumlah warga yang berada disekitar lokasi, coretan itu sudah ada beberapa hari lalu.”Tidak tahu siapa yang melakukan, tiba-tiba sudah ada,” kata Isti, warga Jatingaleh. Sementara itu, Kepala Dishubkominfo Kota Semarang Ednawan Haryono menyesalkan tindakan tersebut. Ia berharap, masyarakat turut menjaga shelter dengan mengingatkan atau mencegah jika mendapati orang yang melakukan aksi corat-coret atau perusakan. “Kami harap masyarakat juga turut andil, karena kita kan tidak mungkin selama 24 jam penuh dalam sehari terus menjaga,” katanya saat dikonfirmasi kemarin. (wam/jos)

GuNa mengetahui bidang pelayanan masyarakat di kecamatan, Komisi A DPRD Kota Semarang, kemarin, melakukan pantuan dan mengunjungi Gunungpati. Saat bertemu dengan Komisi A DPRD Kota Semarang, Camat Gunungpati Bambang Surono mengatakan, pelayanan kepada masyarakat sudah sesuai dengan ketentuan yang ada. Menurut Bambang, meski masih ada kekurangan personel, pelayanan tetap berjalan seperti biasa. Di depan para anggota dewan itu, ia menjelaskan, ada dua kasie di Kecamatan Gunungpati yang kosong. Di mana, satu kasie memasuki masa pensiundan satu lagi bebas tugas atau BT. Dengan jumlah pegawai yang hanya 22 jauh dari ideal. Karena, idealnya jumlah pegawai di kantor Kecamatan Gunungpati adalah 36 orang. “Saya sudah mengajukan penambahan pegawai sebanyak 14 orang, namun sampai sekarang belum ada tanggapan,” katanya. Dari 16 kelurahan di kecamatan Gunungpati, lanjutnya, untuk posisi lurah dan seklur sudah terisi kecuali kelurahan Kandri yang lurahnya BT karena sakit. Sedangkan Kelurahan Pakintelan, Pardjoko akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari mendatang. “Sedangkan untuk posisi kasie tiap kelurahan rata-rata kosong satu hingga dua posisi,” ujarnya. Selain itu rata-rata tiap kelurahan memiliki jumlah pegawai antara lima hingga delapan orang. Total seluruh pegawai di Kecamatan Gunungpati mencapai 121 orang. Untuk jumlah idealnya adalah 308 pegawai sehingga kekurangan 121 orang. Menanggapi hal itu anggota Komisi A DPRD Kota Semarang Novriadi menyatakan, hal ini juga dikeluhkan para pimpinan SKPD lainnya. “Saat rapat kerja dengan pimpinan SKPD Rabu lalu, mereka juga mengeluhkan hal sama,” ujarnya. Untuk itu ia minta agar BKD Kota Semarang melakukan pemetaan kebutuhan pegawai yang riil di Kota Semarang. Dengan demikian, bisa diketahui kebutuhan pegawai tiap SKPD. “Dengan jumlah pegawai yang mencapai 16 ribu lebih, maka perlu dibandingkan dengan kota lain, yang memiliki jumlah peduduk yang hampir sama dengan kota Semarang,” katanya. (pru/jos)

RSUP dr Kariadi Kembali Rawat Pasien Atresia Bilier RSuP dr Kariadi Semarang kembali merawat pasien kelainan hati asal Samarinda, Kalimantan Timur yang diduga menderita gejala atresia bilier atau saluran empedu tak terbentuk. Pasien yang kini berusia 14 bulan tersebut bernama Karin Nafisah yang datang di Semarang pada Sabtu (14/1) dan langsung dirawat di ruang anak. Yatmi (50), nenek pasien mengatakan, gejala yang diderita Karin antara lain perut membuncit dan kulit menghitam. Sebelumnya, Karin pernah dirawat dua kali di RSUD Abdul Moeis Samarinda dan oleh dokter divonis menderita penyakit atresia bilier. “Gelaja itu sudah terjadi sejak lahir dan kondisinya semakin parah ketika usia enam hingga tujuh bulan,” ungkap Warga Jalan K.H. Harun Nafsi Gang Tugul RT 08/RW 09 Samarinda Seberang, Kalimantan Timur ini. Karena kondisi yang semakin buruk, Karin kemudian dirujuk ke RSUP dr Kariadi Semarang. “Kami tiba di Semarang Sabtu (14/1) lalu dan Karin langsung dirawat di Ruang Anak. Dokter sedang melakukan pemeriksaan-

pemeriksaan untuk menentukan diagnosis penyakit yang sebenarnya diderita cucu saya,” ujarnya ketika ditemui di RS Kariadi, kemarin. Ia berharap cucu semata wayang dari putranya Ulianto Taufikri (24) dengan Nurvitasari (18) itu memeroleh kesembuhan dari penyakit yang dideritanya agar bisa bermain dengan teman-temannya yang lain. “Sekarang ini perutnya sudah agak kempis, sebab berat badannya semula mencapai 11 kilogram, namun kemudian susut menjadi hanya 9,2 kg,” ujarnya. Kepala Bagian Humas, Hukum, dan Pemasaran RSUP dr Kariadi Semarang Darwito menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan tim khusus untuk menangani Karin, diawali dengan pemeriksaan untuk menentukan diagnosis. “Kalau dari diagnosis sementara Karin menderita ‘atresia bilier’, namun kami perlu melakukan pemeriksaanpemeriksaan untuk memastikan penyakitnya. Tim cangkok hati langsung melakukan sejumlah pemeriksaanpemeriksaan,” katanya.

HARSEM/ PRiHATi PUJi UTAMi

Karin Nafisah pasien kelainan hati asal Samarinda, Kalimantan Timur dirawat di ruang anak RSUP dr Kariadi, Semarang Ia mengatakan, tim cangkok hati yang disiapkan sama dengan yang pernah menangani pasien kelainan hati

sebelumnya, seperti mendiang Ulung Hara Hutama dan Bilqis Anindya Passa yang juga menderita atresia bilier. (pru/jos)

Pemimpin Umum/Pjs Pemimpin Redaksi: Andy Suwanto Dewan Redaksi: H Noor Achmad, Iwan Haryanto, Arief Mudzakir, Andy Suwanto, Redaktur Pelaksana: Saefudin, Sugayo Jawama Litbang: Iriyanto Redaktur: Arief Firhanusa, Bagus Panji Buana, Dwi NR, Panji Joko Satrio, Puji Joko Sulistyo, Sardi AK, Teguh Argari Bisono, Tri Wuryono Koordinator Liputan: Poltak Sinaga Wartawan: Abdul Mughis, Ariel Noviandri, Aris Wasita Widiastuti, Hery Priyono, Lissa Febrina, Mohammad Ichwan, Nur Hidayat, Prihati Puji Utami, Sokhibun Ni’am, Wara Merdekawati, Wikha Setiawan, Wiwig Prayugi Kontributor: Nino Adisumarto (Ungaran), Sukma Wijaya (Demak), Heru Santoso (Salatiga) Pewarta Foto: Cun Cahya, Indra Prabawa Desain dan Lay Out: Anton Sujarwadi, Prasetya Widodo, Muhammad Fatoni, Ajie Mahendra, Omegantoro Anggraito Penerbit: PT Semesta Media Pratama Berdiri sejak Pendiri Pemimpin Umum Wakil Pemimpin Umum

: : : :

10 Agustus 2009 H Suwanto, SE, MM

Andy Suwanto, MBA

Pemimpin Perusahaan: Andy Suwanto, MBA Direktur Utama: Iwan Haryanto Keuangan: Dwi Arum Dhati (Manajer), Mulyono, Septiyarini Aksari Distribusi & Sirkulasi: Much Lukman, G Hendra, Aries Kunarto, Ririn Setyowati Promosi dan Iklan: Dyah Purnasari General Affair: Viddy Yusafiadi Alamat Redaksi: Jl KH Wahid Hasyim (Kranggan) 125-127 Ruko A1 Floor 1-3 Semarang Telp: 024-3512771, Fax. 024-3516531 Iklan dan Sirkulasi: 024-3518359 E-mail: redaksi@hariansemarang.com, harian.semarang@ yahoo.com Website: www.hariansemarang.com

Nugroho PS

Wartawan Harian Semarang selalu dibekali tanda pengenal dan dilarang menerima atau meminta sesuatu dari narasumber

AYO MBANGUN KUTHO

3

jumat, 20 januari 2012

Warga Deliksari Tunggu Kepastian Relokasi Oleh lissa Febrina

Ketua RT 07/RW 06 Gemah

Yang Penting lingkungan Rukun

PERNAHKAN Anda mendengar ada lingkungan RT dipimpin oleh seorang perempuan. Di zaman emansipasi wanita memang perlu bermunculan generasi baru khususnya para ibu-ibu rumah tangga. Contohlah seperti keberanian Endang Rukminingsih, Ketua RT 07/RW 06 Kelurahan Gemah. Ia hanya seorang ibu rumah tangga biasa, namun keberanian patut kita teladani mengapa berani mencalonkan diri menjadi ketua RT yang sudah berlangsung tiga tahun lebih ini. “Memang jadi ketua RT ini atas kemauan saya sendiri. Karena warga kami tidak ada yang mau atau ditunjuk, terpaksa saya maju dan memberanikan diri,” tuturnya. Ditemui di sela-sela kerja bakti beberapa waktu lalu, ibu berusia 54 ini begitu bersemangat di antara para kaum pria pada waktu kegiatan bersihbersih. Mungkin karena sudah tanggungjawabnya sehingga harus bisa memimpin warganya. “Semua adalah tanggungjawab, dan saya tetap harus turun langsung memimpin kegiatan kerja bakti walaupun temannya orang laki-laki. Yang penting kami sudah memberi contoh,” ucapnya. Sementara ketika ditanya motivasi menjadi ketua RT, ibu tujuh anak ini semata-mata hanya mempunyai rasa peduli. “Karena pengalaman sebelumnya jadi RT sering disalahkan warga jadi banyak yang tidak mau. Tetapi saya berusaha menjauhi sifat buruk tersebut dan yang penting lingkungan kami rukun,” jelasnya. (gus)

Camat Semarang Barat, m khadiq di depan warga mendaftarkan diri menjadi nasabah Bank Sampah Resik Becik KROBOKAN-Punya sampah anorganik, jangan buru-buru dibuang, lebih baik ditabung di Bank Sampah Resik Becik, di Jalan Cokrokembang 11 Kelurahan Krobokan, Semarang Barat. Selain bisa mengurangi polusi bagi lingkungan, sampah-sampah itu akan dihargai dengan rupiah. Misalnya, plastik bekas bungkus kopi instan akan dihargai hingga Rp 10 per lembar, plastik bungkus mie intsan dihargai Rp 40 per lembar, sementara untuk koran

bekas dihargai Rp 1.400 per kilogram. Layaknya bank pada umumnya, hasil perhitungan harga sampah yang disetorkan para nasabah akan dicatat di buku tabungan dan bisa “dicairkan” sewaktu-waktu dibutuhkan. “Pengelolaan sampah itu sangat penting untuk diperhatikan masyarakat, apalagi masalah sampah di Kota Semarang dari waktu ke waktu kian memprihatinkan, setiap tahunnya naik 10%. Dengan memanfaatkan Bank Sampah

bersedia untuk menanam cabai Ia menambahkan, saat ini baru dua wilayah RW yang difokuskan untuk penanaman cabai. “Baru dua wilayah yang difokuskan, di antaranya RW 08 dan RW 09. Untuk pengadaannya kelurahan mendapatkan 1.750 bibit cabai yang dibagikan ke tiap rumah warga,” katanya. Menurutnya, penanaman maupun perawatan tanaman cabai cukup mudah. Karena selain dapat di tanah pekarangan juga bisa di dalam pot, bahkan kalau lahannya sempit cukup di dalam pot dan bisa digantung. “Tentunya dengan menanam cabai ini bisa mengurangi anggaran belanja. Karena kalau butuh cabai tinggal petik saja,” ujarnya. Hal senda juga diungkapkan oleh salah seorang warga. Dirinya merasa terbantu dengan adanya program tersebut. “Jadi tidak perlu beli cabai, kalau butuh bisa langsung diambil. Apalagi kalau pas harga cabai naik sangat membantu. Perawatannya juga cukup mudah,” ungkapnya. (wam/jos)

tidak hanya bisa membantu menciptakan lingkungan yang bersih, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan keluarga,” ujar Ika Yudha selaku Direktur Bank Sampah Resik Becik. Menurut Ika, Bank Sampah Resik Becik hanya fokus menampung sampahsampah anorganik seperti plastik, kertas, dan jenisjenis sampah yang tak terurai secara alami lainnya. Pihaknya sengaja tidak menyasar sampah organik karena selama ini untuk organik sudah dikelola oleh PKK. Ditanya soal antusiasme masyarakat untuk menjadi nasabah Bank Sampah, Ika optimistis akan terus berkemang. “Sebelum Bank Sampah ini kami launcing saja sudah ada 15 nasabah yang sudah mulai aktif menabung. Meskipun Bank Sampah ini berada di wilayah Kelurahan Krobokan, tetapi kami sangat terbuka untuk masyarakat di luar Kelurahan Krobokan yang ingin menjadi nasabah kami,” paparnya. Sementara, Direktur MBI Laziz Jateng Wahyu Pujiani mengatakan, Bank Sampah tersebut merupakan program desa binaan yang digalakkan pihaknya. Bank Sampah ini diharapkan bisa

mengurangi masalah sampah di Kota Semarang. Menurut survei yang dilakukan pihaknya, setiap hari Kota Semarang menghasilkan sampah sebanyak 4.725 m3. Namun, setiap hari 400 truk sampah yang ada tidak mampu mengangkut sampah seluruhnya ke TPA Jatibarang, masih ada sekitar 568 m3 yang belum terangkut per harinya. “Kami berharap Bank Sampah ini bisa membantu mengurangi masalah sampah di Kota Semarang, minimal untuk mengatasi sampah yang saat ini belum bisa terangkut, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat. Tahun ini kami menargetkan lima desa binan bisa terbentuk di Kota Semarang,” paparnya. Sementara, Camat Semarang Barat M Khadik mendukung langkah warganya yang sangat peduli terhadap lingkungan dengan membentuk Bank Sampah. Pihaknya mengimbau kepada seluruh warga untuk bisa memanfaatkan dengan cara menjadi nasabah aktif. “Selain bisa membuat lingkungan menjadi sehat dan bersih dari sampah juga bisa membantu perekonomian keluarga,” tandasnya. (sna/jos)

Halaman ini khusus disediakan bagi warga masyarakat, lembaga instansi pemerintahan dan swasta, lembaga sosial kemasyarakatan, lembaga keagamaan. Silakan kirimkan foto-foto kegiatan yang bernilai berita ke redaksi. Foto harap disertai keterangan singkat dan dapat langsung dikirimkan ke redaksi maupun via email: harian.semarang@yahoo. com. Redaksi akan memuat tanpa memungut biaya.

BKm Ngudi Rahayu belum lama ini memberikan pelatihan merias di kelurahan bulu Lor. Pelatihan itu diharapkan memberikan bekal keada warga yang nantinya bisa dijadikan keterampilan bagi warga

merelokasi puluhan warga Deliksari, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati pada akhir 2011 lalu menyusul ancaman longsor di daerah tersebut. Rumah warga yang terancam longsor akan direlokasi ke lahan bengkok seluas 4.000 meter di Desa Pakintelan. (jos)

Tasyakuran Gedung Baru Kecamatan Semarang Tengah

Berdayakan Ekonomi melalui Pengelolaan Sampah

manfaatkan Pekarangan dengan tanam Cabai GAYAMSARI-Kelurahan Gayamsari, Kecamatan Gayamsari mulai memberdayakan warganya untuk menanam cabai di pekarangan depan rumah warga. Langkah itu ditempuh sesuai dengan program PKK yakni terkait pemanfaatan lahan pekarangan. Demikian dikatakan Lurah Gayamsari Layli Widyaningtyas, saat ditemui di ruangannya, kemarin. Layli mengungkapkan, dengan adanya program pemanfaatan lahan pekarangan ini sangat membantu masyarakat khususnya kaum ibu. “Menjelang hari raya biasanya harga cabai meroket. Menyebabkan ibu rumahtangga harus menyedot kocek karena harganya yang mencapai seratus ribu rupiah,” ungkapnya Dengan kondisi tersebut, lanjut Layli, tentunya menjadi pengalaman pahit bagi ibu rumah tangga. Sehingga dengan adanya program pemanfaatan lahan menanam cabai ini mendapat respons positif dari warga setempat. Hampir semua warga yang memiliki lahan

kejelasan karena menunggu dewan. “Sata hujan, yang dirasakan warga sama was-was apalagi jika curah hujan tinggi. Pokoknya tinggal menunggu dari dewan saja,” tandas Pramono. Seperti diketahui, Pemkot Semarang berjanji segera

HaRSem/waRa meRdekawati

lanjutnya. Misalnya saja perbaikan jalan maupun saluran bisa diajukan disini. Nantinya akan dirapatkan mana yang harus segera direalisasikan,” lanjutnya. Hal senada juga dikatakan Lurah Jangli Ismu Hardoyo. Dalam musrenbang tahun ini akan menyampaikan usulanusulan dari warga. Usulan tersebut berdasarkan hasil dari musrenbang tingkat RW yang sebelumnya telah dilakukan. “Musrenbang yang dihadiri pengurus RW ini nantinya akan membahas usulan apa saja yang nanti menjadi prioritas yang akan dibawa di tingkat kecamatan,” katanya. Menurutnya, usulan yang akan diajukan nanti lebih pada perbaikan infrastruktur. Seperti, perbaikan jalan dan saluran. “Kita belum tahu usulan apa yang nanti akan dirapatkan, kemungkinan saluran dan talud mengingat kondisi wilayah berbukit,” ungkapnya. (wam/jos)

seperti jaland dan saluran air,” tuturnya. Hal senada diungkapkan Pramono Ketua RW 06 Deliksari, Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati. Pramono meyakini bahwa relokasi warga pasti akan terealisasi. Namun, mengenai kepastian masih belum ada

Bank Sampah Resik Becik

Jelang Musrenbang Kelurahan Proaktif REJOSARI-Menjelang pelaksanaan Musrenbang di Kelurahan Rejosari, Kecamatan Semarang Timur pada 27 Januari mendatang, pihak kelurahan lebih memilih proaktif ke masyarakat untuk menampung berbagai usulan. Demikian diungkapkan Lurah Rejosari Waluyo Tri Mawasto, kemarin, saat ditemui di ruangannya. “Sudah pada tahapan menyampaikan sosialisasi di tingkat RW. Kelurahan menjadi lebih proaktif dalam mengumpulkan bahan usulan dari warga. Sampai saat ini sudah 50% terkumpul,” ungkapnya. Waluyo mengatakan, usulan usulan tersebut yang nantinya akan dibahas pada musrenbang, untuk menentukan skala prioritas yang akan diajukan ke kecamatan. “Sesuai dengan kebutuhan masyarakat, usulan diajukan untuk kedepan ada tindak

Kondisi jalan di deliksari. menyusul musim hujan kondisi jalan tersebut berpotensi terjadi pergeseran sehingga warga khawatir akan terjadi longsor

HaRSem/dok

Endang Rukminingsih

sekarang bergeser beberapa meter, begitu seterusnya setiap kali hujan deres turun,” ujarnya. Joko meyakini pemkot akan merelokasi warga Deliksari yang saat ini tanahnya mengalami pergeseran. Hanya saja, menurutnya, realisasi itu dikhawatirkan molor karena masih menunggu tanda tangan dari dewan. “Ya..yang saya dengar katanya tinggal menunggu tanda tangga dari anggota dewan. Kalau sudah di tanda tangani oleh anggota dewan kami akan mulai membangun rumah di lahan yang sudah di petak-petak itu,” ujarnya. Mengenai lahan relokasi yang telah disediakan pemkot, ia mengaku cocok dengan lokasi lahan yang telah dipersiapkan. Selain itu, sambutan warga di daerah yang akan ditempati warga Deliksari menyambut baik. “Saya sering ke sana melihat lahannya, saya mendapatkan 8 meter x 12 meter, tidak sampai seratus meter. Karena lahan yang sudah di petak-petak oleh Dinas Tata Kota dan Perumahan juga di pakai untuk fasilitas umum

SokHiBUN Ni’am

lakone

P

uluHAN warga Deliksari, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati yang rumahnya longsor akibat pergeseran lahan, hingga kini menunggu kepastian relokasi ke wilayah Kelurahan Pakintelan. Relokasi itu diharapkan warga mengingat akhir-akhir ini hujan deras terus mengguyur Kota Semarang sehingga membuat warga yang rumahnya berada di lahan labil dan bergerak semakin was-was akan adanya tanah bergerak. Joko Susanto warga RT 04 RW 06 yang sehari-hari keberja sebagai buruh mengaku ketakutan apabila hujan terus mengguyur wilayah Deliksari. Pasalnya, jika curah hujan tinggi berpotensi pergeseran tanah. Ia menambahkan, dirinya bersama 32 warga lainnya yang tersebar di wilayah RW 06 yang setuju di relokasi sudah tak sabar menanti realisasi relokasi yang pernah dijanjikan pemerintah kota. “Rumah saya ini sudah bergeser berkali-kali, pada hal awalnya di pinggir jalan ini

HaRSem/LiSSa FeBRiNa

Hingga Januari ini, puluhan warga Deliksari, Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati menunggu kepastian realisasi relokasi ke Kelurahan Pakintelan.

Gedung kecamatan Semarang tengah yang baru SEMARANG TENGAH-Gedung Kantor Kecamatan Semarang yang terletak di Jalan Taman Seteran Barat siap di tempati. Pembangunan kantor ini merupakan upaya peningkatan pelayanan publik oleh Pemerintah Kota Semarang ke arah yang lebih baik. Gedung yang baru tersebut diharapkan mampu memberikan pelayanan baik kepada masyarakat. Camat Semarang Tengah Endro P Martantono menyatakan, dari sekian upaya peningkatan pelayanan tersebut, di antaranya adalah dengan pembangunan gedung Kantor Kecamatan Semarang Tengah. “Kami bersyukur sekali dengan bangunan kantor baru ini, sekarang tinggal di tempati, setelah kita sementara mengungsi ke aula kecamatan. Pembangunan gedung ini menelan anggaran kurang lebih Rp 2,1 milyar. Sekarang kantor kecamatan dibuat dua lantai,” ujar Endro. Sebagai bentuk rasa syukur atas dibangunnya gedung kantor yang baru, 17 Januari lalu seluruh jajaran Kecamatan Semarang Tengah mengadakan syukuran dalam bentuk acara “slup-slupan,” yang ditandai dengan acara pemotongan tumpeng. “Saya sendiri yang memotong tumpeng dan selanjutnya diserahkan kepada pegawai termuda di Kecamatan Semarang Tengah yang melambangkan kontinuitas estafet perjuangan, dengan iringan harapan bahwa apa yang sudah diraih dan dicapai oleh generasi sebelumnya dapat diteruskan kepada generasi selanjutnya,” papar Endro. Tumpeng kedua diserahkan kepada tokoh masyarakat yang melambangkan keharmonisan dan hubungan kerja yang baik. “Dan tumpeng ketiga diberikan kepada tokoh ketua RT setempat yang melambangkan bahwa di mana pun pemerintah dalam melaksanakan aktivitas kinerjanya tidak akan pernah melalaikan prosedur kerja sekalipun bentuk informal pemberian informasi mengenai rencana pelaksanaan pembangunan kantor kepada tokoh RT setempat,” papar Endro. Acara diakhiri dengan makan bersama dan peninjauan ke Kantor Kecamatan Semarang Tengah oleh para pejabat Muspika dan tokoh masyarakat yang hadir. (lif/jos)

desakundi

JUMAT, 20 Agustus Januari 2012 senin, 22 2011

demak salatiga kendal ungaran purwodadi n

n

n

n

Kena Tembak di Perut, Tembus Usus Jambret Ponsel mahasiswa, Ditangkap

SALATIGA–Aksi penjambretan menimpa mahasiswa UKSW bernama Wahyu Chamim Hidayat, Rabu (18/1) malam. Korban adalah warga Karangmangu, Banjarejo, Kwarasan, Kabupaten Kebumen. Pelaku penjambretan diketahui bernama Eko Winarno (33), warga Brang Kidul RT 02 RW 07 Desa Ujung-ujung, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Informasi yang dihimpun Harsem dari Polres Salatiga menyebutkan, kejadian berlangsung sangat cepat. Rabu malam korban berjalan kaki di belakang kantor Satlantas Salatiga masuk wilayah Kemiri. Karena lokasinya sepi, korban tidak tahu dikuntit pelaku yang menaiki motor Honda Supra Fit nopol H 5670 CV. Melihat sasarannya lengah, pelaku nekat menjambret HP milik korban jenis Cros warna merah yang dipegangi korban. Melihat ponselnya dirampas orang tak dikenal, korban langsung berteriak keras dan didengar warga sekitar. Tanpa perlawanan berarti, pelaku dapat ditangkap dan kini mendekam di sel tahanan Polres Salatiga. “Pelaku akan dijerat dengan pasal 362 KUHP, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Kini pelaku masih menjalani pemeriksaan pihak penyidik Polres Salatiga. Barang bukti ponsel Cros berhasil diamankan petugas,” jelas Kasat Reskrim Polres Salatiga AKP Rudy Cahya Kurniawan, kemarin. (hes/nji)

MI & BISNIS

ENGAH

muria Cigaret Dibobol maling DEmAK-Pabrik rokok PT Muria Cigaret yang berada di Desa Wonorejo, Karanganyar, kecolongan puluhan alat-alat listrik berupa MCCB yang disimpan di almari gudang. Akibat kejadian itu pabrik mengalami kerugian Rp. 50 juta lebih. Peristiwa pertama diketahui oleh dua satpam pabrik, yaitu Totok Wiyanto bin Gumono (29) warga Desa Jepang RT03 RW 03 Kecamatan Jati, Kudus, dan rekannya, Nur Hidayat (26) warga Desa Wonorejo, Karanganyar. Sekitar pukul 16:30, mereka kaget melihat pintu almari pabrik terbuka. Biasanya, karyawan selalu mengunci setiap lemari setelah membukanya. “Setelah yakin kami kehilangan 29 MCCB, kami segera melapor ke Polsek Karanganyar,” tutur karyawan pabrik Anang Farid Wahyudi bin SA Rosidi (46) warga Kelurahan Mlati Kidul RT.03 RW 02 Kecamatan Kota, Kudus, ketika mengadu ke Mapolsek Karanganyar, kemarin. Lanjutnya, padahal MCCB listrik ukuran 30-100 amperr sudah terpasang dalam dua panel listrik, bisa hilang. Kasubag Humas Polres Demak, AKP Sutomo membenarkan aksi pencurian dan pemberatan di pabrik PT Muria Cigaret. Bagian Identifikasi Rskrim dan anggota Polres sudah melakukan olea TKP. “Kami akan mengusut siapa pelaku pencurian tersebut, termasuk kemungkinan keterlibatan orang dalam. (swi/nji)

Diperiksa Polda, Dewan Trauma

UnGArAn-Setelah diperiksa Ditreskrimsus Polda Jateng, atas kasus dugaan suap 33 amplop dengan terlapor Bupati Semarang Mundjirin tahun lalu, banyak anggota dewan yang mengalami ‘masuk angin’. Beberapa anggota dewan bersikap tutup mulut dan jarang masuk kerja. Kondisi ini dingkap anggota Fraksi PKB DPRD kabupaten Semarang, Mas’ud Ridwan. Kasus itu tampaknya memberi efek traumatis politik kepada sejumlah anggota dewan. Dikhawatirkan bila berlarut, akan berimbas pada kurangnya fungsi pengawasan legislatif. “Saya harap efek traumatis politik sebagai buntut dari interpelasi, tidak melemahkan fungsi pengawasan legislatif terhadap eksekutif,” tandas politisi yang akrab disapa Gus ud ini. Apalagi sejak diperiksa Ditreskrimsus Polda Jateng, banyak anggota dewan yang trauma. “Ini yang menjadi keprihatinan saya. Diakui apa tidak pemeriksaan oleh Polda Jateng telah memberi efek psikis terhadap anggota dewan, akhirnya banyak yang bersikap tutup mulut dan jarang masuk kantor,” katanya. Anggota dewan, lanjut Mas’ud, sebagai pejabat politik seharusnya siap dengan segala risiko politik. Melemahnya fungsi pengawasan saat ini, membuktikan bahwa mayoritas anggota dewan tidak siap dengan risiko politik. “Pejabat politik harusnya siap menghadapi risiko. Jangan karena alasan pemeriksaan di Polda, kemudian melemahkan fungsi dewan itu sendiri,” ujarnya. “Saya berharap teman-teman kembali bangkit dari traumatis politik, dan kembali menjalankan tugas dan fungsi pengawasannya terhadap kinerja eksekutif,” tambah dia. (ino/nji)

n Warga Demak Korban Penembakan di Aceh Oleh Sukma Wijaya

Dua warga Demak korban penembakan di Aceh sudah pulang. Salah satu korban tertembak di usus dan butuh bantuan biaya pengobatan.

D

UA korban penembakan di Aceh, Saikhul Anas dan Agus Suwikno telah pulang. Mereka yang sebelumnya dirawat di RS Zainudin Aceh Besar dengan ditunggui dua rekannya, sudah tiba di rumahnya masingmasing. Mereka tiba di rumah sekitar pukul 21:00 Kamis kemarin (19/1). Kepulangan mereka justru membuat keluarganya bingung memikirkan biaya pengobatan korban. Karena mereka berasal dari keluarga miskin. Dari hasil penelusuran Harsem, korban, Saikhul Anas bukan nama sebenarnya. KTP yang dibawa adalah milik adiknya yang kedua, dia sendiri bernama Abdul Kholiq (19) warga Dukuh Sayung Tempe RT 02 RW 01 Desa Sayung Kecamatan Sayung. Sebelum berangkat ke Aceh empat bulan lalu, Abdul Kholiq enggan mengurus KTP-nya, asal saja menggunakan KTP adiknya untuk melamar pekerjaan. “Betul nama Saikhul Anas adalah nama adiknya, ketika melihat berita di TV saya agak bingung. Yang berangkat Abdul Kholiq, tapi yang diberitakan kenapa adiknya,” jelas ibu Abdul Kholiq, Masriah alias Ci Ah (45) kepada Harsem, kemarin. Dalam benak keluarga Mat Nuri (55) dan

Cia Ah kepulangan, anak pertamanya dalam keadaan selamat adalah sebuah anugerah. Namun mereka menjadi bingung ketika harus mengobatkan Abdul Kholiq paska operasi pengangkatan proyektil peluru yang bersarang di dada serta ketiaknya. Keluarga miskin ini, hanya bisa berharap dari jamkesmas (jaminan kesehatan masyarakat) agar pengobatannya gratis. Enam Tembakan Diberitakan, tiga korban penembakan di Desa Anek Galung Kecamatan Kota Besar, Aceh Besar, yaitu Gunoko bin Kanan (28) warga RT 07 RW 03 Dukuh Donoloyo Desa Donorejo, Karangtengah (korban tewas), dan korban luka Abdul Kholig serta Agus Suwikno warga Tegowanu, Grobogan. Menurut Abdul Kholiq, mereka bertiga ditembaki oleh seorang menggunakan senjata api sejenis pistol, pelaku dua orang, berbadan tegap semuanya mengunakan jaket kulit, memakai helm berkaca gelap. Tempat kejadian di teras mes (penampungan) milik Kepala Desa Samahari, Sapuan alias Tokek Sek (Bos Kecil) yang akan membangun ruko (rumah toko) di Desa Anek Galung. “Saat mahgrib, saya keluar ke teras,

bagian kepala. Dia bersama Agus Suwikno langsung lari ke dalam untuk menyelamatkan diri. “Saya baru sadar kalau kena tembak di dada kanan, setelah tiarap di dalam mes,” aku Abdul Kholiq. Tambahnya, sedangkan Agus Suwikno terkena tembak di bagian perut sebelah kanan. Setelah dievakuasi oleh polisi, Gunoko sempat ditangani di RS Zainudin, dan meninggal di rumah sakit. Sementara dua korban lainnya harus menjalani operasi bedah. Abdul Kholiq hanya diambil pecahan proyektil yang menjalar ke lengan dekat ketiak. Namun lebih parah Agus Suwikno, karena peluru telah merobek ususnya, para medis harus membuatkan lubang di perutnya untuk buang air besar, sambil menunggu luka bekas operasi usus, mengering. Setelah peristiwa ini, Abdul Kholiq merasa trauma dan tidak mau lagi kerja ke Aceh. Dia pertama kali bekerja dengan alasan ingin mencari HARSEM/SUKMA WIJAYA Abdul Kholiq korban penembakan di Aceh pengalaman. Yang didapat bukan pengalaman kerja yang baik malah menderita luka tembak di dada dan perut pengalaman mengerikan dan hampir merenggut nyawanya. di luar sudah ada Gunoko. Saya keluar Semula cerita soal tembak-menembak melalui pintu depan, diikuti Agus Suwikno. bila ada masalah di Aceh tidak digubrisnya, Tiba-tiba datang dua orang berkendara ternyata hal itu benar. Bahkan dia sendiri motor matic, satu masih pegang stir motor, sudah mengalaminya, namun dirinya satunya turun langsung menembaki kami,” sampai sekarang masih bingung, selama aku Abdul Kholiq, kemarin. kerja tak pernah membuat ulah atau Abdul Khloiq masih ingat suara kesalahan dengan warga sekitar. Kenapa tembakan sebanyak enam kali mengarah malah dia dan dua rekannya menjadi ke mereka. dia sempat melihat Gunoko korban penembakan. (swi/nji) terjatuh di teras bersimbah darah di

Dewan Mentahkan Proyek Pasar Rejosari SMS Gelap Pertanyakan Kolusi RS SALATIGA–Para anggota DPRD Kota Salatiga mengaku belum puas ekspose yang dilakukan PT Patra Berkah Itqoni, Malang Jawa Timur terkait rencana pembangunan Pasar Rejosari Salatiga. Ekspose yang digelar di ruang paripurna DPRD Salatiga, Kamis (19/1) kemarin berjalan alot. Di hadapan anggota dewan, asisten setda serta para kepala SKPD di lingkungan Pemkot Salatiga Direktur Utama PT Patra Berkah Itqoni, Irwan Khalis hanya memaparkan rencana bentuk pasar dan daya tampung. Namun belum dipaparkan nilai investasi serta harga kios dan bangunan lain. DIkatakan, investor juga telah melakukan koordinasi dan sosialisasi dengan pedagang. Namun tidak disebutkan apakah pedagang setuju pasar dibangun dengan cara investasi. Ketua DPRD Milhous Teddy Sulistio mengaku paparan investor masih mentah. Dia juga menyoal teknis pemaparan hanya melalui slide proyektor. “Harusnya dokumen dan materi pemaparan dibagikan kepada semua anggota dewan, bukan hanya slide,” jelas Teddy. Beberapa anggota dewan lain mengaku ekspose masih mentah bahkan tidak jelas. Bahkan, dikatakan terlalu dangkal dan belum mengenai sasaran. Terkesan investor hanya ‘pamer’ rencana bangunannya yang megah. Tetapi tidak ada memaparkan nilai anggarannya. “Materi yang dipaparkan itu masih sebatas kulit. Isinya tidak ada apa-apanya,” kata Suyanto, anggota dewan dari Partai Golkar. Senada, Ketua Fraksi PDI Perjuangan

H Suniprat meminta nilai investasi juga dipaparkan. Karena ini terkait harga kios yang harus dibayar pedagang. “Sejumlah kejanggalan tampak dalam draf MoU yang dibagikan kepada anggota dewan. Hanya mengarah kepentingan investor meraup keuntungan besar tanpa mempertimbangkan kepentingan pedagang, “ jelas Suniprat. Wakil Ketua DPRD HM Faturahman menandaskan, secara kelembagaan dewan tetap mendukung investasi di Kota Salatiga. Tetapi, harus melalui mekanisme sesuai aturan. Pihaknya mengaku akan melakukan penolakan investasi maka dapat menyebabkan pembangunan tidak jalan, tetapi jika menerima begitu saja maka akan menjadi bencana di kemudian hari. “Melihat draf MoU yang sangat tidak jelas, kami akan melakukan kajian mendalam lagi. Yang jelas, jangan sampai investor menggondol untung besar dan Pemkot Salatiga dirugikan. Kami pasti akan jeli terhadap draf pasar Rejosari,” katanya. Ditambahkan Ketua DPD PKS salatiga ini, jika masukan DPRD tidak diakomodir investor maka anggota dewan siap menolak MoU maupun investor. “Untuk menolak atau menerima MoU, pihak dewan masih harus melakukan kajian mendalam. Jangan sampai pedagang maupun Pemkot dirugikan. Jangan sampai pengalaman mangkraknya Pasar Raya II maupun pasar Jetis terulang,” tambah Wakil Ketua DPRD Iwan Setyo Purbowo usai mendengarkan paparan. (hes/nji)

GroboGAn-Untuk mememenuhi tenaga medis dan paramedis di Rumah Sakit Umum Dr R. Soejati Purwodadi, Direktur Rumah Sakit dr Imam Santoso memanggil 1 tenaga medis dan 9 orang perawat baru untuk mengisi kekosongan. Beredar SMS gelap yang mengabarkan bahwa penerimaan tenaga kerja baru dilakukan di bawah tangan dan berbau KKN. Sebuah SMS gelap beredar, bahwa ada oknum anggota dewan inisial B dari pbesar datang ke RSU, mengantarkan keponakannya dengan uang pelicin 30 juta untuk 1 orang. Iman Santoso selaku direktur rumah sakit, ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan bahwa penerimaan tenaga baru sudah memenuhi prosedur, yaitu diambilkan dari pelamar yang pengajuan lamarannya pada tahun 2011. Penerimaan tenaga baru ini memakai pola pelayanan maksimal, dan rencana ditempatkan dibangsal anak-anak, dalam ketentuan tiap bangsal terdiri 1 kepala bangsal dan sebagian masuk siang dan sebagian sip malam. karena harus melayani 24 pasien. Ketika ditanya adanya titipan oknum anggota dewan, yang beredar

dimasyarakat lewat SMS, Imam Santoso membantahnya, “Itu tidak benar dan mereka itu mendaftar sendiri pada bulan Juni yang lalu.” Oihaknya melakukan pemanggilan untuk wawancara, di antaranya pernyataan bersedia mengikat kontrak kerja 1 tahun, menerima gaji menurut kemampuan RSU, karena kemampuan penggajian terbatas, pihaknya memprioritaskan pelamar yang rumahnya terdekat dari RSU Dr Soejati Purwodadi. Berkenaan adanya SMS gelap tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan melalui Sekretaris Dinkes Grobogan dr Jauhari Angkasa mengatakan akan mengecek dulu benar- tidaknya informasi tersebut. Di tempat terpisah H Sutirto Ketua DPC Partai Demokrat Grobogan dan juga duduk di jajaran pimpinan DPRD, menanggapi isu SMS yang beredar di wartawan mengatakan, kalau kadernya tidak ada yang terlibat percaloan. Dia mendukung langkah Direktur RSU menambah tenaga medis lagi asal untuk peningkatan pelayanan, dan jangan sampai dibelakang ada embel-embel uang untuk kepentingan pribadi atau orang lain. (pji/nji)

TPA ngembak Hasilkan Pupuk Granul GroboGAn-Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Ngembak, Kecamatan Purwodadi, memiliki fasilitas untuk mengurai sampah. Menurut penuturan Julianto, TPA bisa menghasilkan 1 ton pupuk organik per hari. Keberadaan TPA Ngembak dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di bawah Dinas Cipta Karya, dan dikelola lima orang staf dipimpin Kepala UPTD. Julianto, Selaku Kepala UPTD, TPA mendapat gelontoran sampah ratusan meter kubik sampah dari Kabupaten Grobogan. Volume sampah yang masuk rata-rata sekitar 153 meter kubik per hari. Lokasi TPA Ngembak berada di perbukitan, di Desa Ngembak masuk wilayah Kecamatan Purwodadi, dari pintu masuk Kota Purwodadi dari arah Semarang, yakni di Pasar Nglejok ke selatan sekitar 3 kilometer, dan jalan beton selebar 10

meter. Pupuk organik yang dihasilkan masih berupa pupuk basah. Jika dikeringkan, volume 1 ton yang dihasilkan berkurang hingga 50%. “Yang kami hasilkan masih berupa pupuk basah. Kami masih melakukan proses pengeringan terlebih dahulu,” ujar salah satu staf. Selain pupuk organik konvensional (kompos) seperti yang banyak dijual di masyarakat, TPA Ngembak juga menghasilkan pupuk organik granul, yakni semacam pupuk organik kering berbentuk butiran-butiran kecil. Dewasa ini pupuk granul populer di kalangan komunitas pertanian dan perkebunan. Di lokasi TPA tampak sebuah boldozer. dan alat pengolah pupuk granul, berada dalam satu lokasi dengan rumah pupuk yang dibangun memanjang. Timbunan material pupuk hasil pengolahan sampah

organik yang belum dikemas terlihat hitam, siap untuk dikemas atau diolah menjadi pupuk granul. Pengelolaan sampah untuk diolah menjadi pupuk organik rupanya tidak dikerjakan sendiri oleh pihak pengelola TPA. Mereka bekerjasama dengan kelompok tani bernama Tani Makmur. Pupuk organik yang sudah jadi, kemudian dikemas, menjadi kemasan ukuran 10 kg, 20 kg dan 40 kg. Tulisan Kelompok Tani ‘Tani Makmur’ tampak terlihat menghiasi pada plastik pembungkus (packing) pupuk organik yang siap dijual. Harganya ternyata cukup murah. Menurut salah satu anggota kelompok tani tersebut, per kilonya dijual dengan harga Rp 750. Namun harga tersebut rupanya bukan harga mati. Jika membeli dalam jumlah banyak, menurutnya harga bisa semakin murah. “Kalau belinya dalam jumlah

banyak ya bisa semakin murah,” ujarnya. Siapa saja pembelinya? Selain petani setempat, Perhutani juga sering membeli untuk pupuk tanaman hutan. Yang jelas, kemampuan produksi per hari ratarata 1 ton tersebut masih ditingkatkan. Dijelaskan, produksi yang ada selama ini hanya sebatas melayani pesanan. Jika ada pesanan lebih banyak, mereka siap memproduksi lebih. Sayang di balik kesuksesan masih menyisakan bau menyengat dan mengganggu masyarakat sekitarnya. Selama ini belum ada perhatian dari pengelola untuk mencegah dampak dari gas yang dihasilkan dalam proses pengolahan. Akibatnya, warga Desa Ngembak merasa kurang nyaman. Apalagi ada tiupan angin, mengarah ke desa, bau tak sedap pasti menjadi santapan mereka. (pji/nji)

Mayat Lelaki di Saluran Irigasi Mayat lelaki tanpa identitas saat dievakuasi warga dan petugas kepolisian HARSEM/HERU SANTOSO

SALATIGA–Warga Turusan, Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga digegerkan dengan penemuan mayat laki-laki yang mengambang di saluran irigasi setempat, Kamis (19/1) kemarin. Jazad dengan luka menganga di bagian kepala itu ditemukan warga yang hendak buang air besar di saluran. Saat ditemukan, mayat tanpa identitas itu telungkup dan hanya memakai celana dalam dan baju lengan panjang. Dugaan sementara mayat hanyut terbawa arus. Data yang dihimpun Harsem di lokasi kejadian menyebutkan, dari tubuh korban tidak

ditemukan identitas apapun. Warga setempat tidak mengenalinya. Salah seorang warga, Surip (48), mengaku melihat sosok tubuh yang telungkup dan mengambang. Melihat ini, Surip langsung bangkit dan melaporkan kepada warga sekitar dan Polres Salatiga. “Saat usai buang air besar, dikagetkan tubuh manusia laki-laki yang telungkup dan hanya memakai calana dalam dan baju lengan panjang. Warga tidak mengenali mayat itu. Saat tubuhnya diangkat dari air, sudah dalam keadaan kaku,” terang Surip, di lokasi kejadian, kemarin.

Beberapa petugas dari Polsek Sidorejo dan Polres Salatiga yang melakukan olah TKP, mendapati kepala korban terluka memar serta luka menganga. Diperkirakan korban tewas kurang lebih dua belas jam sebelumnya. “Ciri korban, usia kurang lebih 60 tahun, tinggi badan 168 cm, badan kurus, saat ditemukan memakai celana dalam dan baju lengan panjang. Untuk penyelidikan lebih lanjut, mayat itu dibawa ke kamar jenazah RSU salatiga,” jelas Kapolsek Sidorejo AKP Kusnandar, kemarin. (hes/nji)

ekonomi & bisnis

5

jumat, 20 januari 2012

Pengalihan BBM Maskapai Sriwijaya Air

Tujuan Sby

Jkt Bjmsn

Jam Berangkat 10.40 (Daily) 18.15 (Operate Jumat & Minggu) 06.20, 11.20 (Daily) 18.10 (Daily) 12.35 (Daily)

Bjmsn- 14.50 (Daily) Smg Garuda Indonesia

Jkt

06.05, 07.35, 09.20, 10.55,12.35, 14.55, 16.00, 17.00, 18.35

Batavia Air

Jkt

08.30, 17.30 (Daily)

Lion Air

Jkt

06.50, 11.40, 15.15

Sumber : Bandara A. Yani Semarang *) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Daftar Harga Sembako Beras C4 Super C4 Gula Pasir Minyak Goreng Kemasan Tanpa kemasan Daging sapi Daging ayam Telur Elpiji 3 kg Elpiji 12 kg Cabai Merah besar Merah keriting Rawit Bawang merah Bawang putih Minyak tanah Mentega kemasan Kedelai Jagung

Rp 7.000/kg Rp 6.500/kg Rp 10.250/kg Rp 12.400/kg Rp 10.000/kg Rp 58.000/kg Rp 22.000/kg Rp 16.000/kg Rp 13.000 Rp 74.000 Rp 15.000/kg Rp 8.000/kg Rp 18.000/kg Rp 20.000/kg Rp 23.000/kg Rp 8.500/l Rp 4.700/200 gram Rp 6.500/kg Rp 5.000/kg

Lebih Mudah ke Pertamax Oleh nur Hidayat

Pertamina lebih menyarankan pengalihan konsumsi Premium ke Pertamax daripada ke bahan bakar gas, karena lebih mudah dan murah.

r

encana pemerintah terkait pembatasan premium ditanggapi positif oleh Pertamina. Sebagai gantinya, Pertamina lebih menyarankan pengalihan konsumsi ke Pertamax daripada ke bahan bakar gas. Alasan utamanya adalah lebih mudah dan murah. Hal tersebut diungkapkan oleh General Manager PT Pertamina Fuel Retail Marketing Region IV JatengDIY Rifky E Hardijanto. Dikatakan, pengalihan konsumsi ke pertamax lebih mudah diterapkan dari sisi konsumen karena tidak perlu memasang alat converter kit. “Untuk pengalihan ke pertamax, pengusaha SPBU tinggal melakukan switching, dengan mengisikan pertamax ke dalam tangki timbun yang semula diisi premium. Demikian juga dengan dispensernya. Ini jauh lebih mudah dan lebih murah daripada pengalihan ke bahan bakar gas (BBG),” ujar Rifky. Ditambahkan, untuk konversi ke BBG, selain dibutuhkan tangki dan pipa baru, juga dibutuhkan converter kit. Hal ini berbeda dengan pengalihan ke pertamax yang tidak membutuhkan modifikasi kendaraan.

Rifky menuturkan pengadaan infrastruktur BBG, baik LGV (liquefied gas for vehicle) maupun CNG (compressed natural gas) butuh persiapan matang. Dibandingkan dengan CNG, skenario pengalihan konsumsi LGV memang lebih mudah diterapkan di Jateng yang infrastruktur pipanya tidak terlalu bagus. Lebih Mahal “Sebenarnya tidak ada kesulitan yang berarti dalam konversi ke bahan bakar gas, terkait dengan infrastruktur. Hanya memang lebih mahal dibandingkan konversi ke pertamax. Namun yang menjadi kesulitan utama adalah penentuan profil konsumen, terkait dengan investasi yang akan dilakukan oleh pengusaha SPBU,” tutur Rifky. Dari sisi pasokan, Jateng juga tidak bermasalah karena di provinsi itu terdapat terminal gas di Tanjung Emas, Semarang, berkapasitas 2.500 metrik ton (MT) dan di Cilacap berkapasitas 10.000 MT. Sementara, dalam penentuan profil konsumen, harus bisa dilakukan dengan tepat. Bagaimanapun, investasi yang dilakukan oleh pengusaha SPBU tidak bisa dibilang murah. Artinya

jangan sampai menimbulkan kerugian yang besar terkait ketiadaan konsumen BBG. Sebagai informasi, beberapa negara di dunia hanya memberlakukan gas untuk kendaraan tertentu. Selandia Baru sudah lama memakai gas, tetapi

Dafam Lebarkan Sayap ke Luwuk

Luwuk memiliki area yang sangat strategis antara lain kelautan dan industri, serta memiliki infrastruktur yang tergolong lengkap, mulai dari sarana transportasi jalan, darat dan laut. Luwuk dapat dikatakan sebagai pintu gerbang masuk Sulteng dari sisi timur, sedangkan dari sisi barat adalah kota Palu.

Sumber : Pantauan dari Pasar Tradisional Semarang serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang

(nuh/tab)

HARSEM/DOK

Masyarakat Optimistis Kondisi Perekonomian Membaik MasyaraKaT semakin optimistis terhadap kondisi perekonomian Jawa Tengah yang membaik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia belum lama ini. Survei dilakukan oleh BI di tiga kota, yaitu Semarang, Solo dan Purwokerto pada Desember 2011 lalu. Survei tersebut menunjukkan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) menyentuh angka 129,35 atau meningkat 5,95 poin dibandingkan bulan sebelumnya. Keyakinan konsumen ini semakin tinggi untuk semua komponen dalam survei. “Keyakinan konsumen semakin tinggi untuk semua komponen dalam survei. Bahkan masyarakat sudah menganggap saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian barang investasi. Angkanya tercatat 101,0, berada di atas batas standar 100,” ujar Deputi Pemimpin Bank Indonesia Semarang Sutikno. Peningkatan optimisme konsumen tersebut didasari atas beberapa faktor. Yang pertama adalah semakin banyaknya lapangan kerja yang tersedia. Selanjutnya yang kedua, tumbuhnya minat berwiraswasta atau menciptakan pekerjaan sendiri. Yang ketiga yaitu proyek pemerintah maupun swasta yang mulai meningkat. Dari sisi penghasilan, sebanyak 55,5% responden masyarakat Jawa Tengah yakin bahwa kondisi keuangan mereka akan lebih baik pada 6 bulan mendatang, dibandingkan hanya 3,5% yang pesimistis kondisi keuangannya akan memburuk. Oleh karena itu, responden memperkirakan tabungan mereka pada 6 bulan mendatang akan semakin meningkat. “Sementara dalam hal harga, konsumen memperkirakan harga secara umum pada tiga bulan mendatang cenderung menurun. Hal ini tercermin dari penurunan angka indeks sebesar 0,80 poin dibandingkan bulan sebelumnya,” lanjut Sutikno. Penurunan harga diperkirakan terjadi di mayoritas kelompok barang, termasuk kelompok Bahan Makanan. Faktor yang menjadi pendorong di antaranya adalah musim panen raya di Jawa Tengah yang diperkirakan berlangsung pada triwulan I-2012.

pertumbuhan pemakainya tidak besar. Jepang hanya memakai gas untuk taksi. Begitu pula dengan di Pakistan dan negara-negara Eropa. Padahal harga bahan bakar gas lebih murah daripada BBM. “Meski demikian, kami tetap siap terhadap apapun keputusan

Bernard (kiri), didampingi istrinya, saat berjabat tangan dengan Managing Director DHM Andhy Irawan Dafam Hotel Management (DHM) melebarkan sayap ke Luwuk, ibukota Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Mereka bekerjasama dengan salah satu investor yang peduli atas pengembangan Luwuk sebagai destinasi pariwisata dan bisnis yaitu Bernard dengan mendirikan Hotel Dafam Istana Luwuk. Penandatanganan MoU telah dilakukan di Jakarta, belum lama ini. Hotel tersebut sudah mulai tahap pembangunan dan akhir Desember 2012 siap dioperasionalkan. Total kamar rencana 65, yang terdiri dari 62 kamar Deluxe dan 3 Royal Suite.

seorang teman, pekan lalu mengemukakan hasil temuannya dalam sebuah Focus Group Discussion. Salah dua temuannya saya posting sebagai status di Face**** dan Twit***. #1 Budget makan kucing elit lebih besar daripada pengemis #ironi #2 Ngasih makan binatang piaraan berjuta-juta, sedekah recehan. Bagaimana pendapat

Dilengkapi dengan berbagai fasilitas, di antaranya kolam renang, fitness centre, karaoke, ruang meeting, indoor and outdoor restaurant. “Dengan lokasi yang sangat strategis, pemandangan yang indah, diharapkan kehadiran Hotel Dafam Istana dapat menambah nilai jual, dan meningkatkan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri untuk menjadikan kota Luwuk sebagai salah satu tujuan wisata nusantara. Sehingga dapat ikut berperan dalam meningkatkan perekonomian daerah setempat,” ungkap Ninik Haryanti, Corporate PR Manager DHM.

Kota Transit Dengan bandara yang dapat menampung pesawat berbadan besar, Luwuk menjadi tujuan utama sebagai kota transit, karena semua orang yang akan menuju kota-kota lain pasti akan melalui kota tersebut. Penduduk dari Ampana, Bunta, Pagimana pasti akan memilih Luwuk daripada Palu sebagai kota transit, demikian juga arus lalulintas barang dari pelabuhan Surabaya, Makassar dan Ambon pasti dilakukan melalui pelabuhan Luwuk. “Dengan mulai beroperasinya tambang LNG Donggi-Senaro, lalulintas orang dan barang yang melalui Luwuk akan semakin tinggi, karena di daerah tersebut pelabuhan laut dan udara yang memadai saat ini hanya ada di Luwuk,” tambahnya. Indikator potensi perkembangan kota ini juga terlihat dari banyaknya bank yang beroperasi seperti Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Panin, Mega, BTPN dan Syariah Mandiri. Selain sebagai pusat kota transit, Luwuk juga mempunyai daya tarik tersendiri terutama untuk pariwisata, karena memiliki pantai yang sangat indah dengan terumbu karang dan berbagai jenis ikan hias di dalamnya. Juga memiliki pegunungan yang hijau dan subur. “Lokasi kota yang menghadap laut dengan pusat kota tepat di tengah teluk kecil berbentuk bulan sabit serta berlatar pegunungan memadukan keindahan yang eksotik,” ungkapnya. Wisata-wisata lain kebanggaan Luwuk adalah Pantai Kilo Lima, Pantai Pandan Wangi, Teluk Lalong, Pantai Bualemo, Salodik Water Fall dan Air Terjun Tontouan. (tab)

Kepantasan

ahlinya @ippho*****? Dua status yang kemudian membuat saya kehilangan sahabat. Paling tidak, sepasang suami-istri langsung memutus silaturahim tanpa klarifikasi. Akun di twit*** di-unfollow. Akun di Face**** dan Black***** di-delete. Dua ironi di atas, sebenarnya mewakili banyak ironi lain yang terjadi di negeri ini, yang kemudian bermuara pada sebuah pertanyaan.

Pantaskah kita melakukannya? Sebut saja soal penggunaan dana Rp 2 miliar untuk renovasi toilet di gedung DPR. Rp 1,3 miliar untuk pembuatan kalender narsis pimpinan DPR serta Rp 20 miliar untuk renovasi ruang rapat Badan Anggaran DPR. Butuh Rp 24 juta untuk membeli satu kursi empuk eks impor di ruang rapat itu. Di sisi lain, rakyat dipojokkan negeri seperti tidak tersentuh

pemerintah, baik konversi ke pertamax maupun BBG, khususnya di wilayah Jateng-DIY. Kalau pemerintah memiliki program membagikan converter kit, kami siap dengan infrastrukturnya. Namun tentu semua ini perlu waktu untuk persiapannya,” pungkas Rifky. (tab)

Partner Pengelolaan Jaringan

XL Tunjuk Huawei PT XL Axiata Tbk (XL) belum lama ini telah menunjuk PT Huawei Tech Investment, sebagai upaya menyediakan layanan seluler yang berkualitas. Kerjasama tersebut berlangsung untuk jangka waktu tujuh tahun ke depan terhitung sejak bulan April 2012 hingga April 2019. Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Hasnul Suhaimi selaku President Direktur XL dengan Li Wenzhi, CEO Huawei Indonesia di Jakarta belum lama ini. Dalam kerjasama ini, PT Huawei Tech Investment sebagai penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi ditunjuk sebagai partner untuk pengelolaan jaringan telekomunikasi. Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan, kerjasama ini ditempuh dengan tujuan utama agar XL bisa lebih berfokus pada bisnis inti, yaitu penyediaan layanan. “Dengan lebih fokus pada bidang masing-masing sesuai kompetensi, kami berharap bisa menjawab tantangan industri di masa depan, sekaligus mendapatkan jaminan kualitas jaringan yang sangat vital untuk menjamin kelangsungan bisnis ini,” ujar Hasnul. Ditambahkan, penunjukan Huawei didasarkan atas hasil penilaian tender yang diikuti oleh sejumlah perusahaan jaringan terkemuka. Huawei terpilih karena berhasil memenuhi berbagai persyaratan yang sudah ditentukan oleh XL. Di antaranya berpengalaman dalam pengelolaan jaringan, termasuk juga mampu memberikan jaminan atas tetap terselenggaranya kualitas jaringan XL yang andal sehingga kualitas layanan telekomunikasi yang disediakan oleh XL bagi pelanggan dapat lebih ditingkatkan. Jaringan Bergerak “Sesuai perjanjian, Huawei akan mengelola pengoperasian layanan jaringan bergerak 2G/3G XL termasuk Network Operations Center (NOC), Field of Operations (FOP), Network Performance Management (NPM) dan Spare Parts Management Service yang dimiliki oleh XL,” lanjut Hasnul Di dalam kerjasama Managed Network Services jangka panjang tersebut, juga akan disertai dengan pengalihan sekitar 1.200 karyawan XL menjadi karyawan Huawei. XL memastikan karyawan-karyawan tersebut terpenuhi hakhaknya sesuai dengan regulasi yang berlaku. “XL juga menjamin status karyawan tidak mengalami perubahan. Artinya mereka akan tetap berstatus pegawai tetap. Sedangkan untuk pegawai kontrak atau outsource diharapkan terjadi perubahan status kepegawaian menjadi lebih baik,” ujarnya. Selain itu, XL juga memberikan penghargaan masa kerja kepada karyawan sesuai dengan peraturan Undang-Undang Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003. (nuh/tab)

kesejahteraannya. Saya simpulkan hal ini, karena saya sering bertandang di situs yang dikelola sahabat saya. Sedekahrombongan.com. Ada anak yang tumbuh dan berkembang tapi kurang gizi. Ada yang mengidap penyakit berat yang butuh biaya besar. Ada anak manusia yang dipasung karena orang tua tidak sanggup membiayai pengobatan. Sungguh seperti membandingkan bumi dan langit.

Soal kepantasan, bisa jadi sangat subyektif. Mungkin saja sebagian dari kita masih permisif dengan apa yang dilakukan oknum-oknum di gedung parlemen. Tapi ada baiknya masing-masing kita bertanya pada diri sendiri. Dimana letak hati nurani? Zainal Abidin, Headmaster sekolahmonyet.com dan Ketua Tim Pendirian Akademi Kemandirian

YAIK-BARITO ya iklan baris to! Tarif Iklan Pastikan..!!

JENIS IKLAN Baris Kolom Advertorial Display

BW

SPOT

6.000,-/baris 6.500,-/mmk 8.500,-/mmk 10.000,-/mmk

7.000,-/baris 7.500,-/mmk 9.500,-/mmk 11.000,-/mmk

FULL COLOR 10.000,-/mmk 12.500,-/mmk

KETERANGAN > 2 baris < 10 baris 30 mmk < 200 mmk > 200 mmk > 100 mmk

JENIS IKLAN

BUTUH UANG/BPR

KEHILANGAN

KOS

LOWONGAN

BUTUH UANG Pembiayaan mobil /motor Jaminkan BPKB Proses Cepat Tanpa Survei Bunga mulai 0.5% Takeover. Bisa Hub: 024-70880082 / 085727711297

HILANG STNK NP. H 5894 BY an GKJTU Jemaat Semarang IV, Jl. Nangka No. 16 RT 01/02 SMG

MENERIMA kos2-an putri / mahasiswi / karyawati Jl. Parangbaris 7 no.19 Telp. 0246706482 / 91341819 / 0856405222372

DIBUTUHKAN SEGERA MARKETING

0812/IKL/PR/IV/27/11

BUTUH DANA Jaminkan BPKB, Ke KSP Pundi Artha Mas Hub: 024-70529700 0688/IKL/R/X/20/11

ELEKTRONIK

0004/IKL/R/I/05/12

HILANG STNK NP H 1985 UA an Abdullah Jl Kauman Krendo 31/32 Smg 0003/IKL/R/I/04/12

HILANG STNK NP H 2961 PG an Ery Astuti Jl. Talangsari IV/6 Smg 0002/IKL/R/I/04/12

HILANG STNK NP H 2931 GS an Rusdiyanto Jl Kanguru Utara V/25 Rt 10/03 Smg 0001/IKL/R/I/04/112

HILANG STNK NP H 3968 AP an. Dwi Lisa Andriana, Jl.Murtimulyo Blok B No.4 RT.01/15 Muktiharjo Pedurungan SMG

1021/IKL/R/XII/3/11

MENERIMA Kos2an Pasutri Jl. Parangbaris 7 No.19 Telp. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372 0990/IKL/R/XI/07/11

KOS PASUTRI/karyawan 2 bln Rp 500.000 Lok. Daerah Mrican Hub. 024-91312155 0700/IKL/R/XI/02/11

KULINER

1051/IKL/R/XII/31/11

HILANG STNK NP H 1826 TG an. Primkopkar PT. PLN Dis JTG, Jl. Teuku umar 47 SMG TOKO PARABOLA Jl Hasanudin G 58 Pasang / servis / Yes TV / Indovision, Hub: 024-70889950

HILANG STNK NP. H 5713 SZ an. Suprijanto, Lamper Mijen RT. 01/06 Lamper tengah SMG

0873/IKL/PR/VI/09/11

HILANG STNK NP. H 6315 SP an. Kusmiati, Surtikanti VI/6 SMG

JASA PROPERTI DESAIN & SPESIALIS Renov/baru. Rmh, Kost (Free Gbr+Kitchen Set). 70129510 0641/IKL/B/VII/17/11

KEHILANGAN HLG STNK NP H 3432 RY an Wiwik Rukiyati Jl Tmn Borobudur Tmr Rt 09/10 Smg Brt 0015/IKL/R/I/17/12

HLG STNK NP H 4612 MZ an Sukrityo Jl. Srondol Kln Rt 02/01 Bymank Smg 0014/IKL/R/I/17/12

HLG STNK NP H 2038 JP an Andi Sucipto Jl jagalan No 75 Rt 06/04 Semarang Tengah 0013/IKL/R/I/14/12

HLG STNK NP H 3209 EP an Deviana Agustin Jl Karanroto Rt 3/3 Genuk Semarang 0012/IKL/R/I/14/12

HILANG STNK NP H 3924 LF an Slamet Riyadi Jl. Lodon II Rt 08/05 Bandarharjo Smg Utara 0009/IKL/R/I/06/12

HILANG STNK NP H 6471 PR an Slamet Pujianto Jl Asrama Polri Kalisari Rt 04/07 Blok 8/II Smg

1049/IKL/R/XII/29/11

1048/IKL/R/XII/29/11

0975/IKL/R/X/06/11

HILANG STNK NP . H 3092 P an Suratman, Tambak Mulyo RT.06/15 Tanjungmas SMG

FOREDI – Gel 200rb, GASA 250 rb, asli legal Hub 085641321999

1046/IKL/R/XII/29/11

0974/IKL/R/X/06/11

HILANG STNK NP. H 3293 SZ an. Andrias Budi S, Pudakpayung RT.3/3 Banyumanik SMG 1044/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP. H 5167 JR an. Suryatini. BA, Tanah Putih RT.02/03 Candisari SMG

0906/IKL/B/VII/22/11

LOWONGAN

DIBUTUHKAN BEBERAPA

SALESMAN Kami perusahaan Distributor Bahan Baku Roti untuk pabrik roti membutuhkan beberapa salesman. Syarat: - Usia max 30 th - Pendidikan min DIII/SI - Punya motor & SIM

0975/IKL/R/X/07/11

DIBUTUHKAN 300 karyawan untuk perkebunan sawit, upah harian, bonus premi, mess, sembako, klinik gratis, jamsostek Hub. 081237225459 / 085651031888

0007/IKL/R/I/06/12

HILANG STNK NP. H 2160 RE an Darto, Kramas RT.03/03 Tembalang Smg

0999/IKL/R/XI/11/11

JUAL MOBIL MITSUBISHI L300 DP BOX 1996 COKLAT ABU-ABU H 1853 WH. Hub: PT Artha Asia Finance 024-6700787 0904/IKL/R/VII/16/11

1040/IKL/R/XII/28/11

1039/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP. H 3023 TW an. Ari Susanto, Jl. Candipawon TMR 1/32 Manyaran SMG 1038/IKL/R/XII/28/11

AGEN BABY SITTER, Jompo, Dpt U/ saku 4jt, Spor, Hkg, Twn, Gj 5jt GRATIS Fee Sponsor 8,5jt. Hub. PT RIMBA (021)84972854, 84971469, 33722294, 70533132, 70582811 0993/IKL/R/XI/09/11

JUAL MOBIL TOYOTA BU43 DUMP TRUCK 2005 MERAH H 1513 SG. Hub: Artha Asia Finance 024-6700787 0903/IKL/R/VII/16/11

JUAL MOBIL TOYOTA DYNA TRUCK 2000 MERAH H 1465 MC. Hub: Artha Asia Finance 024-6700787 0902/IKL/R/VII/16/11

Mimbar Jum'at

PENGOBATAN

024-91507718

Email:

hariansemarang@yahoo.co.id

PERBANKAN

SALON

0857/IKL/PR/I/21/11

RENTAL/TRAVEL SUZUKI SMASH Titan subsidi sampai 1,1jt DP 750rb angs 390rb Hub Lely 08563396086 SUZUKI MAJAPAHIT 0886/IKL/PR/VIII/10/11

PELUANG USAHA ADA PELUANG Bisnis NEW FOREX,Modal Min rp.100rb,Profit 6% perhari selama 300 hari.SMS”BERMINAT”Hp:08778000836702197169200,info www.dexraft.com 0016/IKL/R/I/18/12

JADILAH BOS Bagi diri Anda sendiri. Bekerja dr rumah, potensi pendapatan rata2 1-5 Jt/bln, dgn part/full time. www.wfhweb.com/haris46

0011/IKL/R/I/12/12

USAHA Sampingan penghasilan 850rb - 5 Jt/hari bersama PT. MNI hub. 085865007194 1029/IKL/R/XII/16/11

DAHSYATNYA INVESTASI FOREX!profit 2,5 juta/hari selama 250 hari (Modal Min.500rb) INFO? www.starttexas.com. ATAU? SMS “PETUNJUK” Hp 081905109444 1029/IKL/R/XII/15/11

MAU PUNYA Usaha sendiri? Gabung dgn minuman teh siap saji GOOD TEA Hub: 081228397779 / 085842174777

DAHSYATNYA Bisnis FOREX! Profit Rp.2,5Jt/ hari, Modal Min, Rp.1Jt Cocok utk PNS, Pegawai Swasta dll. Info lengkap www.starttexas.com. SMS "PETUNJUK" Hp. 081905109444

1011/IKL/R/XI/25/11

PENDIDIKAN

PENGOBATAN Alternatif terapi air putih & zam-zam utk sgl penyakit Hub. Gus Rodi 024-70427247 Kel Mangunharjo Rt 01/02 0010/IKL/R/I/11/12

PIJAT Refleksi semua jenis penyakit sukarela dgn herbal. Hub. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372

1020/IKL/R/XII/3/11

TERAPI Cakra Spiritual (Biaya Sukarela), Gayamsari IV/22, Majapahit SMG. Telp.6706083

0958/IKL/V/IX/03/11

NEW MASSAGE & RILEXS call : Viona 085741812670

0934/IKL/R/VIII/06/11

HUBUNGI

0905/IKL/B/VII/22/11

INGIN KULIAH BHS Inggris & Belanda masuk saja di AKABA 17 Semarang Hub: 3552474 Seteran Dalam No 9 Semarang. 0851/IKL/PR/V/14/11

0627/IKL/A/VI/29/11

3JT “PAKET PERKAWINAN” lengkap rias pengantin + dekorasi + foto digital. Hub: 024-70427892 0600/IKL/B/V/05/11

TANAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

0895/IKL/I/VII/09/11

0888/IKL/I/VI/24/11

PIJAT PENYEMBUHAN MERIDIAN Dan terapi alat vital, Hub Bp.Budi 085640003160 ada tempat & terima panggilan

BU : JUAL TANAH Di Meteseh, Rumah Di Tembalang Hub. EDO (024) 50218699

0872/IKL/PR/VI/09/11

1004/IKL/R/XI/19/11

SPECIALIS IMPOTEN, ED, dll besarpanjang vital. Jeng Peni, 024 70021514

JUAL/BU: Tanah di Sampangn, tepi jln, 375 jt / Rmh dekat Java Mall, 1,5M (nego) Hub: 085640351333

0868/IKL/PR/VI/09/11

PIJAT Ibu Ida & mas Yulianto. Mengatasi ejakulasi dini, tambah perkasa, lulur & refleksi. Pekunden tengah III 4A Hub: 0248416725 ada tempat bisa dipanggil.

PEMBIAYAAN

DIJUAL RUMAH dr type 21–besar disemua wilayah Smg Hub: 024-74046753 / 081229044750 bisa di KPR cash/kredit. Langsung bertemu pemilik 1024/IKL/R/XII/15/11

DIJUAL RUMAH dr type 21-besar di semua wilayah Smg Hub: 024-74046753 / 081229044750 bisa di KPR cash/kredit. Langsung bertemu pemilik

1022/IKL/R/XII/12/11

DIJUAL RMH HM 4 KT LT.7x12 Hrg 120 jt Nego Jl. Murti Indah 36 Muktiharjo Hub. 081325918989

1019/IKL/R/XII/3/11

JUAL CEPAT rumah Semarang Indah Blok E 2 Lantai Komplit 420jt 085842763159

0863/IKL/I/V/28/11

DIJUAL KAVLING ukuran 12x25M dkt UNNES Sekaran, harga 100jt Hub:081225060117 0858/IKL/PR/V/25/11

DIJUAL TANAH SHM 2269 Luas 7000 M2 Di Pati Hub: 024 48502743 0739/IKL/R/I/06/11

UMROH/HAJI

0990/IKL/R/XI/03/11

0990/IKL/R/XI/03/11

LES NGAJI QUR’AN, 085225518179

0866/IKL/PR/VI/09/11

MELAYANI segala perawatan massage dan lulur. Panggilan. Hub: RINA- 024 70203835

TERIMA Pijat Refleksi tradisional capek dan totok wajah. Hub: Wahyu 085725715951 (ada tempat)

0870/IKL/PR/VI/09/11

LES PRIVAT Rombongan Matematika RSBI dijamin nilai diatas 8 Hub 0246706482 / 91341819 / 085640522372

1021/IKL/R/XII/12/11

TRANS JAYA Shuttle Smg-Jog 45rb, Travel Smg – Pwt 65rb, rental elf/dutro lux 2011, Hub: 082136363678

1005/IKL/R/XI/22/11

DR.BOYKE: OLESAN TAHAN LAMA!! 8 JAM!! (200rb) www.pasutrihot.com Hub 024-91139013 & 0857.4141.9393 LES PRIVAT KILAT : Terapi Telinga, buka Aura, Terapi Energi Bio ( Bersihkan neg dalam tubuh) 085842763159

RENTAL MOBIL harian/blnan. ELF, Ravelo, Avanza, Xenia, dll. Hub: 02474046753 / 081229044750

SEDOT lintah, gurah, rapetkan V, ED, Bekam, Telat bln, K-prawan, L sahwat. Kons: Raketkan pasgn, menata aura, buang sial Gayamsari IV/22 Majapahit Smg 6706083

0867/IKL/PR/VI/09/11

0965/IKL/R/IX/20/11

DIJUAL MOBIL Mitsubisi Lancer’88 Plat H, hitam full variasi an sendiri pjk pjg Hub: 08562680116/085640178475 hrg 26 jt

024-3512771

PINJAMAN Tanpa Agunan.. khusus karyawan, gaji 2jt lewat transfer bank. Hub: Ardian 024-70247939 / 085876862929

1025/IKL/R/XII/15/11

Lamaran ditujukan ke: Jl. Puspowarno I/20 Semarang

SPOT 8.500,-/mmk 6.500,-/mmk 6.500,-/mmk 6.000,-/mmk

http://hariansemarangbanget.blogspot.com

MOBIL DIJUAL

1042/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP H 6118 WF an Nang Warianto Subarjdo Jl. Kp Bugen Rt 02/01 Muktiharjo Kidul Pedurungan Smg

0005/IKL/R/I/05/12

JUAL ALAT PENGHARUM RUANGAN OTOMATIS HUB. 085225518179

HILANG STNK NP . H 6490 DP an A. Budiyono, Kp. Penjaringan RT.06/01 Kemijen Smg HILANG STNK NP . H 6359 FS an Joko Pujanto, Brigjen Sudiarto No.299B RT.1/4 Smg

HILANG STNK NP H 4904 BP an Dwi Bagus Andrianto, Tanjungmas RT 6/11 SMG

0931/IKL/R/VIII/03/11

HILANG STNK NP. H 3142 FP an. Menik Maisaton, Jl. Seruni 3 No. 4 RT.7/10 Tlogosari Pedrgn SMG

0008/IKL/R/I/06/12

0006/IKL/R/I/05/12

JUAL GPS Tracking 2,5 jt/unit free berlangganan Web & GPRS selama 1 th Hub : Nanang 081330407550

Johar

0988/IKL/R/XI/03/11

1043/IKL/R/XII/28/11

1041/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP H 2216 ZN an Suhendri, Blerong RT 1/3 Guntur Demak

LAIN-LAIN

1047/IKL/R/XII/29/11

1045/IKL/R/XII/28/11

Fasilitas: Gaji, transport, bonus, dll. Min Rp 3-10 jt/bl. Pasti dan jenjang karier luas.

0660/IKL/R/VIII/27/11

AMAN, legal, BPOMRI, Foredi-Gel 200rb. Pesan antar 085641321999

an.

Membutuhkan: Karyawan tetap untuk Marketing P/W usia 23-55 th yang sudah pengalaman

ES BUAH PALING ENAK Se-kota Semarang es buah “ DIRAJA” Putra es Kobar Solo

HILANG STNK NP. H 3829 ER an. Winarno, Jl. Kawi III RT.04/04 Wonotinggal Candi sari SMG

HILANG STNK NP H 6693CZ Winarno, Meteseh RT. 3/1 SMG

GLOBAL MANDIRI, Dis. Tunggal "Maturo Soya” (baru buka cab. Semarang)

Jl Kauman Barat 330 Semarang Telp 70345720

Blog:

7.500,-/baris 5.500,-/mmk 5.500,-/mmk 5.000,-/mmk

MOTOR DIJUAL

Lamaran lengkap langsung ke:

1050/IKL/R/XII/29/11

BW

Display Pendidikan Display Keluarga Display Sosial Display Duka Cita

Brosur dan Material Promo Anda Sampai Ke Tangan Pembaca, Karena Hanya Kami Ahlinya...

6

JUMAT, 20 Januari 2012

ANDA membutuhkan pembiayaan mobil niaga. Hub kami: 081326526063 ENDA, 081225366581 DANI, 081332221288 INDRA, 081227321114 NURDI, 081225 551888 WIWIN, 082136291312 AJAY. Jl. Majapahit No. 321 A. Proses cepat BPKB Aman. 0878/IKL/PR/VI/10/11

JUAL RMH HM Bukit Menur Sendangmulyo LT 91m2 listrik 1300w, 2 kt, PAM, hrg 120 jt nego Hub. 02470554473 / 08812460658

0944/IKL/R/VIII/13/11

DI JUAL Segera: Kavling HM + 750m2 di sltn SLB Mgnhrjo Tmblng Smg View bgs, nego. HP: 082136898938.TP dan No SMS

0929/IKL/R/VIII/02/11

DIJUAL RUMAH Tanpa DP Angs 880rb/ bln, Lokasi Bangetayu Kulon 70320596 0919/IKL/R/VII/27/11

UMROH/HAJI dengan 3,5 jt bisa berangkat umroh/haji+ bersama PT. Arminareka fee Refrensi 1,5 jt/jamaah Hub: 08157647484 0869/IKL/PR/VI/09/11

Info Sehat

Mutiara Hadist

Apabila seorang dari kamu menggauli isterinya. janganlah menggaulinya seperti burung yang bertengger sebentar lalu pergi -(Hadist riwayat AthThusi)Sebaik-baik kamu adalah orang yang tidak meninggalkan (kepentingan) akhiratnya, karena (sibuk dengan kepentingan) dunianya. Dan tidak meninggalkan (kepentingan) dunianya, karena (tekun dengan kepentingan) akhiratnya. Dan tidak memberatkan (jadi tanggungan) orang lain -(Hadist riwayat Al-Khatib)Tiada tegukan yang ditelan seorang hamba yang lebih besar pahalanya daripada tegukan kemarahan yang ditahannya semata-mata karena Allah ta'ala -(Hadist riwayat Ibnu Majah dan Ahmad)Barangsiapa keluar dari rumahnya dalam rangka menuntut ilmu, maka ia berada di jalan Allah sampai ia kembali -(Hadist riwayat Bukhari dan Muslim)Barangsiapa memberi karena Allah, menolak karena Allah, mencintai karena Allah, membenci karena Allah dan menikah karena Allah, maka sempurnalah imannya -(Hadist riwayat Abu Daud)Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, "penangguhan pembayaran utang oleh orang kaya adalah kezaliman. karenanya, apabila utangmu dialihkan darimu kepada orang kaya, maka kamu harus menyetujuinya". -(Hadist riwayat Bukhari)-

Terapi Osteoartritis OSTEOARTRITIS menyebabkan terjadinya kerusakan tulang rawan (kartilago) sendi yang ditandai dengan adanya kemunduran kartilago sendi dan tulang di dekatnya, yang bisa menyebabkan nyeri dan kekakuan sendi. Osteoartritis banyak dijumpai pada orang-orang usia emas. Osteoartritis merupakan salah satu penyakit degeneratif yang diyakini dapat dicegah dan diatasi dengan pemberian asupan nutrisi tertentu yang memadai. Pengobatan yang diberikan dokter untuk menangani masalah ini umumnya dilakukan untuk mengatasi gejala, memperbaiki aktivitas seharihari, pencegahan, dan perbaikan kerusakan struktur rawan sendi. Selain itu muncul pula pengobatan dengan menggunakan sel terapi dan stem sel. Para ahli menyarankan agar para penderita osteoartritis diberikan terapi farmakologis dan terapi non-farmakologis, seperti: menurunkan berat badan, olahraga, dan pemberian edukasi. Obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) merupakan salah satu terapi farmakologis yang paling sering digunakan untuk mengatasi nyeri dan peradangan yang terjadi pada pasien osteoartritis. Namun sayangnya penggunaan obat-obatan tersebut sering memberikan efek samping yang cukup serius, contohnya saja seperti perdarahan saluran cerna, kerusakan hati dan ginjal. Sehingga mengakibatkan para ahli masih terus mencari alternatif terapi lainnya yang lebih aman dan efektif menyembuhkan. Salah satu alternatif terapi dan pencegahan osteoartritis adalah dengan memberikan nutrisi yang baik. Asupan nutrisi juga memegang peranan

penting pada terjadinya berbagai macam penyakit, khususnya penyakit degeneratif. Oleh karena itu, sangat baik untuk menjaga kebutuhan dasar tubuh. Salah satu nutrisi yang mulai banyak dicoba saat ini adalah dengan menggunakan ekstrak tumbuhtumbuhan. Ekstrak tumbuh-tumbuhan ini telah banyak digunakan oleh para ahli di negara-negara Eropa, karena kandungan zat aktifnya yang cukup kompleks sehingga dapat bekerja pada berbagai jalur mekanisme osteoartritis. Beberapa tanaman yang telah dicoba sebagai alternatif dalam terapi osteoarthritis, antara lain: nanas (mengandung bromelain, suatu enzim proteolitik yang diduga memiliki efek antiinflamasi dan analgetik), jahe, tanaman Harpagophytum procumbens, Uncaria tomentosa dan Rosa canina. Rosa canina tumbuh di dataran Eropa. Tanaman obat ini diketahui mampu membantu mengatasi keluhan-keluhan yang dialami oleh penderita osteoartritis. Dengan banyaknya penelitian yang membuktikan keefektifan rosa canina ini, beberapa ahli di Jepang dan banyak negara Eropa mulai mencoba menggunakan ekstrak tanaman rosa canina dalam terapi osteoarthritis. Selain itu, galaktolipid yang terkandung di dalam ekstrak rosa canina ini terbukti menghambat migrasi sel darah putih ke dalam sendi sehingga dapat mengurangi terjadinya proses peradangan dan kerusakan sendi. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukukan, penggunaan jangka panjang ekstrak Rosa canina terbukti mampu mengurangi keluhan nyeri dan memperbaiki kualitas hidup pasien osteoartritis. (ifs)

INTERNASIONAL HUKUM & KRIMINAL

senin, 15 november 2010 jumat, 20 januari 2011

77

Kasus Pembobolan BCA Rp 25 M

Empat Tersangka Diperiksa Pekan Depan Oleh Abdul Mughis Kasus pembobolan kredit fiktif Rp 25 miliar BCA kian terungkap, dalam waktu dekat ini Polda Jateng akan memeriksa empat tersangka lainnya.

P

enyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng akan memeriksa empat tersangka kasus pembobolan kredit fiktif Rp 25 miliar di BCA, pekan depan, untuk mengklarifikasi keterlibatan mereka dalam dugaan mark up taksiran harga aset jaminan kredit. “Pekan depan, akan kami periksa. Surat panggilan sudah dilayangkan,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus)

Kombes Firli, kemarin. Polda Jateng menetapkan empat broker menjadi tersangka, semuanya pegawai Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP). Masingmasing berinisial DP (30) dari KJPP Arief & rekan, warga Pandean Lamper Semarang Selatan; IZ (51) dari KJPP Tri Santi & rekan warga Jalan Gajah Raya Gayamsari; MTP (40) dari KJPP Gunawan, warga Mangunharjo, Tembalang; dan BW (32) dari KJPP Sih Wiryadi, warga Padang Sari,

Banyumanik. Sementara dua tersangka Soeryo Antoro Soerjanto (47) warga Perumahan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat dan Account Officer (AO) senior BCA Pemuda Dedi Rianto (38) warga perumahan Graha Padma, Semarang Barat telah ditahan dan dilimpahkan ke Kejati Jateng. Firli menambahkan, tersangka Soeryo Antoro dikenakan Pasal 3 dan 4 UndangUndang No 8 Tahun 2010 tentang Pencucian

Uang dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp 15 miliar. Sementara tersangka Dedi dikenakan Pasal 49 UU No 10 tahun 1998 tentang Perbankan dengan ancaman maksimal 15 tahun kurungan dan denda paling banyak Rp 200 miliar. Sementara para tersangka appraisal akan dikenai Pasal 263, 266 dan 55 KUHP tentang Pemalsuan Surat dengan ancaman penjara maksimal enam tahun. (abm/tab)

sambungan berita halaman 1 Disidang, Permohonan ...

Bambang Guritno ... selama 1 tahun subsidair 1 bulan kurungan dengan denda Rp 50 juta. “Selama terpidana Bambang Guritno belum menjalani eksekusi, maka status DPO dan cekalnya masih berlaku selamanya. Kecuali ia menyerahkan diri dan bersedia menjalani eksekusi, praktis status DPO dan cekalnya gugur,” papar Antonio. Upaya pengejaran terhadap BG, lanjut dia, sesungguhnya sudah maksimal dilakukan oleh Kejari Ambarawa. Di antaranya dengan menjalin koordinasi dengan seluruh jajaran Kejari di Indonesia. “Koordinasi dengan kmepolisian juga sudah kami jalin dengan Polres, sesuai dengan wilayah hukum yang berlaku,” tambahnya. Sebagaimana diketahui, mantan Bupati Semarang Bambang Guritno telah dinyatakan

bersalah karena melanggar Undang-undang Tindak Pidana Korupsi Pasal 2 ayat 1, dan dijatuhi divonis 2 tahun subdider 3 bulan kurungan denda Rp 50 juta oleh Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Semarang. Setelah mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi, akhirnya vonis bagi BG dikurangi menjadi 1 tahun subsider 1 bulan kurungan denda Rp 50 juta. Dalam perlawanan hukum berikutnya, BG mengajukan kasasi ke MA. Tetapi putusan MA menolak kasasi dan BG dinyatakan kalah, sekaligus memperkuat putusan banding PT. BG yang menolak menjalani eksekusi putusan MA, akhirnya melarikan diri, dan pada 21 Maret 2011 dinyatakan sebagai daftar pencarian orang (DPO) oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambarawa. (nino)

Butuh Poin ... Ia optimistis tim kebanggaan publik Semarang ini tetap membawa pulang poin dari Cilacap. “Kami datang jelas bukan untuk menyerah. Kemenangan tetap menjadi target utama, atau setidaknya membawa pulang poin,” ujar EP, begitu sapaannya. Dengan pertimbangan matang, EP menyiapkan amunisi pengganti keduanya, sekaligus skema yang berbeda untuk menghadapi Laskar Nusakambangan. “Jelas ada pemain pengganti dan ini disiapkan sudah lama. Selain itu, ada beberapa perubahan

skema, meski tidak menyeluruh,” paparnya lagi. General Manager Setyo Agung Nugroho menambahkan, tidak ada kekhawatiran atas kondisi seperti ini. Menurutnya, hal ini sudah diantisipasi sebelum kompetisi Liga Prima Indonesia 2011/2012 dimulai. “Cedera ataupun akumulasi kartu tak jarang terjadi pada saat kompetisi. Jadi, jauh sebelumnya kami sudah antisipasi hal itu. Intinya. Setiap pertandingan kami harus memetik kemenangan, minimal tidak kalah lah,” terang Agung. (wse/rif)

bersama istri pertama Umi Hani, serta juga Lutfiana Ulfa, calon istri yang akan dinikah secara negara tersebut. Kasus pernikahan siri Syeh Puji dengan Ulfa 2008 lalu sempat menuai kontroversi karena usia Ulfa saat itu baru menginjak 12. Pernikahan tersebut sempat berbuntut kasus hukum dengan dijatuhinya Syeh Puji vonis 4 tahun penjara dengan denda 60 juta oleh putusan banding Pengadilan Tinggi (PT) Jateng. Ketua Pengadilan Agama Ambarawa Masthurhudha menjelaskan, permohonan izin Poligami yang diajukan pemilik pondok Miftahul Janah di dusun Bedono, Jambu, Kabupaten Semarang itu sudah memasuki sidang kedua. Dan permohonan gugatan tersebut diajukan pada 6 Desember 2011 silam dengan berkas nomor 943/pdt. g/2011/PA.Amb. “Sidang pertama sudah dilaksanakan pada 29 Desember 2011 dengan majelis hakim Drs Fuad serta anggota Sodikin dan Samsuri. Hari ini (kemarin, red) merupakan sidang kedua dengan agenda mendengarkan keterangan saksisaksi,” terang Musthurhudha, kemarin. “Saksi yang dihadirkan dalam persidangan kemarin adalah istri pertama, Umi Hani dan calon istri kedua Lutfiana Ulfa. Hasilnya masih menunggu laporan dari majelis hakim. Sidang ketiga rencananya akan kami langsungkan Kamis pekan depan, bila saksi-saksi yang akan diajukan ke persidangan sudah lengkap,” tambah dia. Menurut Masthurhudha, sekalipun Syeh Puji masih

berperkara di peradilan pidana, namun hal itu tidak akan berpengaruh pada proses persidangan perdata di Pengadilan Agama Ambarawa. Dalam hal ini Syeh Puji tetap bisa mengajukan permohonan izin poligami. Dalam peradilan agama, terutama terkait dengan permohon izin poligami, menurut Masthurhudha, telah diatur oleh undang-undang dengan berbagai macam syarat. Persyaratan tersebut antara lain, surat nikah dengar istri pertama, identitas lengkap, serta izin tertulis dan lisan dari istri pertama, serta keterangan kemampuan ekonomi dari kelurahan. “Untuk sidang permohonan izin poligami Syeh Puji ini persyaratannya sudah lengkap. Dan diperkirakan akan berjalan lancar, karena pihak istri pertama sudah memberikan izin tertulis. Izin lisannya nanti disampaikan di persidangan,” jelasnya. Dan yang utama, imbunya, saat ini calon istri kedua, Lutfiana Ulfah, sekarang sudah berusia 16. Dulu sempat geger karena Ulfa yang yang dinikah siri masih di bawah umur. Sesuai pasal UU No 1 tahun 1974 tentang perkawinan, batas usia minimal pernikahan bagi perempuan adalah 16 tahun. “Kalau semua persyaratan administrasi sudah terpenuhi dan kemampuan ekonominya tidak ada masalah, kita tinggal menunggu keputusan majelis hakim saja. Tapi kemungkinan besar akan berjalan lancar dan tidak akan bermasalah,” tegas dia. (ino/rif)

SneX Tetap ...

Tawuran Antardesa ... Desa Bandungrejo dan Desa Jatirejo bersebelahan. Keduanya masih satu kecamatan, yaitu Karanganyar. Untuk meredam amuk massa paskatawuran polisi berupaya mendamaikan kedua pihak melalui kedua kadesnya. Peristiwa tersebut berawal dari sebuah teguran kecil. Pukul 16.30, Rabu (18/1), Amin Mustajib bin Sutirno warga Desa Bandungrejo RT 05/RW 03 bersama Abdul Raub (17), juga warga Bandungrejo, melintas di jalan umum Desa Jatirejo. Amin yang membonceng motor yang dikendarai Raub menghidupkan lagu di HP-nya dengan keras. Mereka pun diadang oleh dua warga Desa Jairejo, Ahmad Mukfifin bin Slamet (18) dan Huril Mukajali bin Suparno (20). Tidak terima di adang dan ditegur oleh warga Desa Jatirejo, akhirnya mereka terlibat perkelahiaan, bahkan delapan warga Jatirejo ikut menghajar Amin cs. “Karena kami kalah jumlah, saya telepon pamannya Raub,” aku Amin, kemarin di Mapolres Demak. Tidak lama, paman Raub, M Asimuji (24) bersama 17 orang warga Desa Bandungrejo langsung datang. Mereka berupaya menolong Amin cs. Sebagian bahkan menghajar pengeroyok. Karena kalah jumlah, sebagian kelompok Ahmad lari tunggang langgang. Namun apes bagi Amin, Huril, Ahmad Saefulloh bin Suratno (18) dan M Taksiyudin (19) yang asyik mengeroyok dan menghajar Raub, harus merasakan gobem mentah belasan remaja dari warga Desa

Bandungrejo. Akibat perkelahian itu, Saifulloh mengalami luka robek di kepala, dan pipi serta perut memar, sedangkan Taksiyudin luka robek di bagian atas kepala. Mereka segera di Rawat di Puskesmas Mijen, namun Saifudin menderita luka cukup parah, dia harus di rujuk ke RSI Kudus. “Kami datang hanya ingin membela keponakan saya. Saya sendiri melihat bagaimana warga Jatirejo menghajar Raub yang sudah terjatuh tetap diinjakinjak di sawah,” tegas M Asimuji. Beruntung saat itu pihaknya sedang berada di warung wilayah Desa Bakung, Mijen, sehingga mereka segera bisa membantu Amin cs. Setelah kejadian tersebut, pihaknya berinisiatif melapor ke Polsek Karaganyar, dari 21 remaja yang melakukan pengeroyokan, 11 diantaranya masih menjalani pemeriksaan. Kapolres Demak AKBP Sigit Widodo melalui Kasubag Humas AKP Sutomo mengatakan, Polisi sengaja membawa 11 remaja ini ke Polres sebagai upaya mengamankan dari amuk warga paskapengroyokan. Kendati dalam laporan korban, dua warga Desa Bandungrejo yang ditegur dalam kondisi mabuk dan ada yang membawa gir motor saat tawuran. “Namun kami tetap mengupayakan perdamaian dari kedua pihak warga desa tersebut. Rencananya kami akan undang kedua Kades bersangkutan untuk memfasilitasi kedamaian kedua kubu ini,” jelas AKP Sutomo. (swi/rif)

Dalam situasi pascatewasnya salah satu snexer, pekan lalu, Pengurus Pusat SneX mengimbau agar anggotanya yang mengikuti tur Cilacap berlaku tertib demi mendukung PSIS. Pasalnya, setelah situasi Semarang memanas, dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di Cilacap. “Sekarang saatnya kita dukung PSIS. Jangan sampai ada hal buruk lagi terjadi, kita serahkan semuanya kepada

hukum yang berlaku,” lanjut Dewan Pembina SneX, Bang Jun. Kasus pengeroyokan oknum yang beratribut Panser Biru terhadap suporter SneX memang menjadi sejarah kelam sepakbola Semarang. Apalagi, pelaku penusukan ialah remaja yang juga pelajar SMP. Ini juga menjadi pekerjaan baru bagi kedua suporter agar suporter-suporter remaja bisa dibina dengan baik. (wig/rif)

Di Rumah Polisi ... Mobil buatan 2011 tersebut dibawa Fredy Unggul Prasetyono (38). Saat itu korban sedang menyambangi rumah kerabatnya, Kombes Faruq di Jalan Erlangga Barat VI/19, Semarang Selatan. Di rumah yang ditinggal penghuninya dinas di luar Jawa tersebut, Fredy menginap, karena memang diminta untuk menjaga. “Saya memarkir mobil sekitar pukul 18.00, kemudian masuk rumah untuk istirahat di dalam kamar. Saya mengetahui mobil tidak ada di tempat, pagi sekitar pukul 07.00 saat hendak berangkat kerja,” terangnya saat melapor di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang, kemarin. Korban yang merupakan assiten manager perusahaan garmen PT Megariamas Sentosa ini terkaget mengetahui mobilnya raib. Saat ditinggalkan, kondisi pintu dipastikan telah terkunci. Bahkan sudah menggunakan pengaman tambahan dengan kunci setang setir. “Mobil saya juga sudah dilengkapi alarm,” papar warga Jalan Prasetya Utara IX, Pedurungan Kidul ini.

Keseharian Fredy memang tinggal di tempat saudaranya Faruq yang saat ini bertugas di Polda Ternate tersebut. “Biasanya saya juga memarkir di depan rumah dan amanaman saja. Malamnya juga tidak mendengar alarm atau hal yang mencurigakan,” katanya. Diketahui hilang, kemudian ia bertanya kepada sejumlah tetangga. Namun tak satupun mengetahui di mana mobil tersebut berada. Warga juga tidak mengetahui ada orang mencuri mobil yang di parkir di depan rumah tersebut. “Padahal mobil itu milik dan STNK-nya atas nama perusahaan saya,” tambahnya. Mendapat laporan tersebut, petugas kepolisian Polrestabes melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Sejumlah saksi dimintai keterangan, termasuk korban. Pencurian tersebut disinyalir ada keterlibatan orang dekat di perusahaan. Pasalnya, mobil tersebut dalam kondisi terkunci setir dengan menggunakan kunci tambahan. Pemilik mobil atas nama PT Megariamas Sentosa, yang beralamat di Jalan Jembatan III nomor 36, Jakarta Utara. (abm/rif)

Tuduh Istri ... Jika ada yang bertanya mengapa belum punya anak, Fatimah selalu menanggapinya dengan senyum dan santai. Seraya menjawab bahwa Gusti Allah belum mengaruniai. Namun sebagai manusia waras dia mulai bertanya-tanya dalam hati. Lama-kelamaan ia penasaran tehadap suaminya itu. Dia merasa aneh mengapa lelaki itu tidak pernah menidurinya padahal sudah halal. Diamdiam Fatimah pun menyelidiki. Dia cari faktor yang mencurigakan, agar

mudah mengamati keanehannya. Dapat!. Ia ingat, sejak menikah, suaminya suka memanggil anak-anak lelali di ruangan khusus di kompleks rumah Ilyas yang luas dan besar. Pria-pria muda nan imut yang dipanggil masuk sering keluar saat menjelang subuh. Mak Deg!, Kala Fatimah mengintip di ruang khusus itu, dia hampir berteriak histeris setelah melihat apa yang terjadi di dalamnya. Komat-kamit mulutnya nyebut asma Allah dan minta perlindungan atas-Nya.

“Na’udzu billah! Naudzubillah! Naudzubilahi min dzalik!” Tak pernah diasangka, suaminya ternyata menderita kelainan seksual. Ilyas menjadikan bocahbocah lanang imut itu sebagai pemuas syahwatnya. Istilah di Pati namanya Mairil atau Makia. Yakni hubungan badan antas sesama lelaki, yang umumnya dilakukan oleh pria dewasa terhadap cowok belia. Itu sangat dilarang oleh agama. Walaupun perbuatan Ilyas sangat memalukan dan menusuk hati Fatimah,

karena rasa hormat pada suami, ia tidak meceritakan aib itu kepada orang lain. Hingga pada suatu malam, Fatimah memergoki suaminya sedang menyodomi bocah gemblakannya. Ilyas yang konangan, kaget gelagapan dibuatnya. Bukannya minta maaf, Ilyas yang ketkutan istrinya akan buka mulut lantas menuduh Fatimah selingkuh dengan salah satu sahabatnya. Tak hanya itu, Ilyas yang kalap mengusir Fatimah dari rumah tanpa boleh membawa pakaian. Betapa sakitnya hati sang istri.

Segala kebaikannya sekian lama telah dibalas dengan kekejian tiada tara. Tak terima hal itu, ia pun mengajak adik kandungnya untuk melapor ke polisi. Oleh polisi, tindakan memfitnah istri selingkuh dikenakal pasal pidana, , perbuatan menyodomi banyak bocah juga diberi pasal sendiri. Dan Ilyas segera ditangkap dan dibui. Akhirnya masyarakat tahu kebejatan sang tokoh yang culas itu. Mungkin kalau suaminya tidak memfitnah dirinya, kelakuan Ilyas tidak akan pernah terbongkar. (moi)

oase

Musical Theatrical

Arie Untung

Ingin Nambah Momongan

Go International

PERNIKAHANNYA yang harmonis dengan Fenita membuat Arie K Untung ingin segera menambah momongan alias anak. Baginya, kehadiran anak bisa membuat keluarganya menjadi lebih banyak dan sempurna. Namun sayang, keinginan Arie itu tidak terlalu didukung oleh sang istri. “Kalau kepengin punya anak sih, gue maunya minta terus. Tapi katanya pabriknya sudah tutup dan gemboknya baru,” ujarnya lantas tertawa saat ditemui di sela-sela syuting Karaoke Keliling Trans7 di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, kemarin. Keinginan Arie untuk memiliki anak disebabkan juga lantaran kakaknya yang baru saja memiliki anak, sehingga membuat dirinya iri. ”Kakak kemarin baru punya anak. Lucu kali ya kalau punya lagi. Tapi ntar dulu deh, ngedennya masih ingat katanya. Paling afdol jaraknya tiga tahunan,” cetusnya. (dnr)

Mendapat tawaran main di pergelaran musical theatrical di Malaysia, langsung dimanfaatkannya sebagai jalan go international. Dia pun rela kehilangan banyak waktu dan tenaga untuk itu.

K

HARSEM/KPL

inbox

BIRU

ESEMPATAN harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Itulah yang kini dilakukan artis muda Mikha Tambayong, yang siap turut mendukung dalam musical theatrical yang bakal digelar 29 Maret sampai 8 April mendatang di Istana Budaya Indonesia, di negeri jiran Malaysia. “Sebenarnya ada movie-nya dan saya sempat ditawari juga, tapi akhirnya saya pilih teater. Kalau nggak ada syuting berangkat pertengahan atau akhir Februari, tapi kalau masih ada syuting berangkat pertengahan Maret,” ungkap Mikha saat dihubungi melalui telepon, kemarin. Mikha mengaku mendapatkan tawaran ini melalui pamannya, Harvey Malaiholo yang sebelumnya mengadakan acara Gerimis Mengundang di Malaysia. Pelantun hit Bekas Pacar ini langsung mengiyakan tawaran itu, yang kebetulan nama acara musikal teatrikalnya juga sama, Gerimis Mengundang. “Dulu di sekolah main drama teater sering, tapi kalau untuk kayak sekarang ya ini pertama kali,” tutur pemilik nama lengkap Moudy Mikha Tambayong kelahiran Jakarta, 15 September 1994 ini. Untuk penampilannya tersebut, Mikha harus melakukan persiapan panjang. Rencananya dua minggu berada di Malaysia, sisanya berlatih di Indonesia. Ada sekitar 4 atau 5 lagu yang akan dibawakan, bahkan masih ada kemungkinan bertambah. Semua lagu merupakan karya Yovie Widianto yang diaransemen ulang. “Begitu sampai di sana saya latihan koreografi dan nyanyi. Karena itu kan nggak gampang. Sementara kalau skrip tinggal menghapal,” tegas bintang sinetron Kepompong (2008) ini. Tentu tawaran ini dengan segala konsekuensinya sangat membahagiakan Mikha. Dia mengaku senang dan excited, karena merasa sesuai dengan passion-nya, yakni akting dan nyanyi. Ini juga menjadi kesempatan baginya go international, atau setidaknya membawa nama Indonesia di Malaysia. ”Karena nggak ada yang mustahil (go international). Mudahmudahan ada tawaran selanjutnya. Jadi nggak hanya di Indonesia saja kita berkarya,” tandas pemilik album, Cinta Pertama (2009) dan Bekas Pacar (2010) ini. (dnr)

HARSEM/MY

Mikha Tambayong

8

JUMAT, 20 Januari 2012

Clas Duchess of Love di Starqueen Club

DIDUKUNG Clas Mild, Starqueen Club bakal menghadirkan guest star DJ Yasmin feat. Princess Joana lewat event bertajuk Clas Duchess of Love, Sabtu (21/1) malam. Perpaduan antara talenta meracik musik house dan kecantikan yang berpadu dengan alunan vokal membius, dipastikan menjadi daya tarik para clubbers. Duchess of Love terdiri atas dua talenta terbaik yang juga terkenal karena kecantikannya. Dj Yasmin, yang mengawali karir dalam mengolah beat pada 2007 silam, hingga saat ini sudah menjelajah berbagai klub di Indonesia. Di bawah naungan Sound of Zeus Management sebagai professional female DJ, pada 2011 Yasmin meraih gelar The Best Female DJ of The Year Paranoia Award 2011 Hardrock FM. Sementara Princess Joana memulai sebagai professional singer sejak 2008. Tak sebatas penyanyi, si cantik ini juga musisi yang terus berkembang seiring pengalamannya bekerjasama dengan para DJ papan atas macam DJ Romy, DJ Winky, DJ Naro, dan sebagainya. Performa keduanya di atas boot dengan entakan Dutch House, genre yang sedang digemari para clubbers, pasti bakal menjadi satu kemasan pertunjukan yang cukup menghibur dan menarik bagi clubbers Starqueen Club. Acara yang dibuka penampilan Vaganza Band (Semarang) lewat lewat sodoran musik Top 40 ini juga dimeriahkan aksi para penari seksi dari Queen Dancers, serta Lazer Show terbaik yang hanya dimiliki Starqueen Club. Untuk reservasi, hubungi 024-3510626, 024-70386386. (dnr)

Shinta Bachir

Diancam Dibunuh Mantan Kapolda! KABAR mengejutkan datang dari selebritas seksi Shinta Bachir yang ditemui di kantor pengacara Achmad Rifai di Gedung Mayapada Tower, Lantai VII, kawasan Sudirman, Jakarta, kemarin. Shinta mengaku bahwa dirinya diancam akan dibunuh. Tak tanggungtanggung, sang pengancam konon adalah seorang mantan kapolda. “Saya datang ke sini karena saya pribadi dan keluarga merasa terancam atas kenyamanan dan keselamatan diri saya. Saya merasa tidak mampu dan butuh perlindungan,” papar Shinta. “Shinta dan kakaknya menunjuk saya untuk membantu. Dia diancam seseorang melalui telepon dan sms. Keluarganya juga diancam akan dibunuh. Diduga dilakukan mantan pejabat alias mantan Kapolda Metro Jaya. Ini tidak layak, bisa tindak pidana dan kejahatan IT,” tambah Rifai panjang lebar. Rifai menjelaskan bahwa kini dirinya akan memelajari masalah Shinta. Langkah hukum dipilih lantaran ketidaknyamanan Shinta, apalagi dilakukan oleh mantan penegak hukum. Pasal 45 UU IT juga disebutkan sebagai salah satu dasar pelanggaran kasus pidana ini. ”Ini sudah sejak 3 mingguan, teror terus-menerus. Yang jelas saya dekat dengan peneror ini, kami sangat dekat. Yah ada hubungan asmara. Saya sampai minta perlindungan, berarti ini kerugian kan? Saya udah kenal sama beliau lama, hampir 2 tahun,” beber Shinta. (dnr) HARSEM/KPL

Semesta Hotel Motor Club (SHMC) SEMESTA Hotel Motor Club (SHMC) merupakan klub motor bentukan Hotel Semesta Semarang, sejak Juni 2011. Selain memperkenalkan Hotel Semesta ke masyarakat Jawa Tengah, misi klub ini juga untuk meningkatkan persaudaraan antara karyawanmanajemen Hotel Semesta Semarang dengan masyarakat umum, melalui gelaran aneka kegiatan di antaranya bakti sosial di tempat-tempat yang mereka singgahi. Ketua SHMC Chafidin mengatakan, kegiatankegiatan yang dihelat SHMC sangat membantu meningkatkan motivasi dalam bekerja agar terus terjaga. “Selain itu juga terciptanya jalinan silaturahmi yang berkesinambungan. Ke depan kami berharap program-program SHMC lebih bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya. Sejak terbentuk, SHMC sudah melakukan touring ke sejumlah tujuan, di antaranya ke Ketep Pass, Magelang (5 Juni 2011), Bandengan, Jepara (24 Juli 2011), serta touring religi ke Demak dan Kudus (11 September 2011).

HARSEM/DOKUMENTA

SI

Kemudian, juga ke Kaliurang, Jogja (16 Oktober 2011), dan terakhir ke Baturraden, Purwokerto pada 14-15 Januari tahun ini. (dnr)

“MIXOUT’Z”,dimeriahkan oleh SQ HOME BAND dan aksi juggling bartender bisa dinikmati mulai 20.00 s/d 03.00,bebas tiket masuk untuk Ladies,dapatkan promo cukup dengan Rp.80.000 nett dapat menikmati SQ cocktail sepuasnya.

AY

JUMAT, 20 Januari 2012

MBANGUN

JAWA TENGAH

Jateng Diminta Siapkan 25 SPBG PROVINSI Jawa Tengah diminta menyiapkan 25 stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG), sebagai bagian untuk mendukung kebijakan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. “Untuk pelaksanaan kebijakan pembatasan BBM ini, Jawa Tengah diminta menyiapkan 25 SPBG, namun pentunjuk pelaksanaannya belum jelas,” kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Tengah Teguh Dwi Paryono, kemarin.

Hingga saat ini, Teguh mengungkapkan, petunjuk teknis untuk pelaksanaan kebijakan pembatasan BBM dari pemerintah pusat belum ada. Akibatnya, pemprov belum bisa bertindak untuk menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat itu. “Di mana lokasi pembangunan SPBG, bagaimana infrastruktur pendukungnya, masih belum jelas,” katanya. Kebijakan pembatasan BBM bersubsidi rencananya akan diberlakukan di Pulau Jawa dan Bali mulai 1 April mendatang. (dnr)

2014, Double Track KA Tuntas Raperda Ketenagalistrikan untuk Antisipasi Krisis Listrik

Pembangunan double track di Cirebon-Kroya HARSEM/SEMBOYAN35

Banyumas Berdayakan Warga untuk Ketahanan Pangan

Setidaknya 50% pembangunan dua lajur lintasan rel kereta api di sepanjang bagian utara Pulau Jawa, telah tergarap. Sisanya, dipastikan bakal tuntas dalam dua tahun ke depan.

L

INTASAN rel kereta api yang dibangun dua lajur (double track) di sepanjang bagian utara Pulau Jawa, dipastikan rampung pada 2014 mendatang. Rel yang dibangun mulai dari Jakarta-Surabaya tersebut diperkirakan akan menghabiskan total dana sekitar Rp 9,2 triliun dan sumbernya berasal dari anggaran nasional. “Dari pemerintah sendiri sudah mengalokasikan dana sekitar Rp 200 miliar guna mempercepat proses pembebasan lahan di sepanjang rute lokasi yang dilewati,” kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan di sela-sela pertemuan dengan Sekda Jateng Hadi Prabowo di Kantor Gubernuran, kemarin. Tundjung menambahkan, dari

rencana jalur ganda sepanjang 700 km tersebut, saat ini progresnya sudah mulai dibangun hingga Pekalongan, yaitu jalur Jakarta-Cirebon dan BrebesPekalongan. Sedangkan sisanya masih terus dikebut pelaksanaan pembangunannya. “Yang sudah rampung 50 persen, tinggal nanti sisanya diselesaikan selama dua tahun ini. Jalur yang belum terbangun adalah jalur PekalonganSemarang, Semarang-Bojonegoro, dan Bojonegoro-Surabaya. Untuk kendalanya sendiri sampai saat ini tidak ada samasekali, karena sebelumnya kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” imbuhnya. Komunikasi-Koordinasi Sementara Sekda Jateng Hadi Prabowo saat dimintai keterangan kemarin mengatakan, pihaknya

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan (kiri) dan Sekda Jateng Hadi Prabowo saat membincangkan pembangunan double track Jakarta-Surabaya, kemarin HARSEM/HERY PRIYONO

sudah mengomunikasikan dan mengoordinasikan ke setiap kepala daerah di Jateng yang wilayahnya dilewati pembangunan rel jalur ganda tersebut. “Dari pihak kami sendiri sudah mengoordinasikan soal pembangunan double track tersebut ke daerah-daerah

yang nantinya dilewati pembangunan jalur kereta api tersebut. Termasuk juga kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang membidangi dan terkait agar nantinya ada sinkronisasi dan keterpaduan dalam menyelesaikan permasalahan dan percepatan waktu penyelesaian,” jelas Hadi Prabowo. (hep/dnr)

Seabourn Legend Sandar Mulus di Tanjung Emas Sidabutar, General Manager PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Dia sampaikan, sudah 3 kapal pesiar sandar Januari ini. Menurut data dari Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA), masih ada satu kapal lagi yang akan singgah di bulan ini.

HARSEM/ISTIMEWA

Kapal Pesiar MV Seabourn Legend SETELAH MV Zaandam dan MV Seven Seas Voyager yang sandar pekan lalu, satu lagi kapal pesiar (cruises) singgah di Pelabuhan Tanjung Emas pada bulan ini. Rabu (18/1) pagi, MV Seabourn Legend asal Bahama, mulus bersandar di dermaga Tanjung Emas. Seabourn Legend masuk di area perairan pelabuhan sekitar pukul 06.30.

Setengah jam kemudian, kapal yang memiliki panjang (LOA) 135 meter, berat 10.000 gross ton, dan draft kedalaman minus 6,6 LWS ini sandar di dermaga samudera dibantu kapal tunda milik PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang. Setelah sandar, kapal yang mengangkut 200 penumpang dan

KOMISI D DPRD Jateng berancang-ancang membuat rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif tentang ketenagalistrikan daerah. Ke depan, dengan raperda ini diharapkan bisa menjadi antisipasi krisis listrik yang diperkirakan terjadi di 2014 mendatang. Ketua Komisi D DPRD Jateng Rukma Setyabudi di selasela pertemuan dengan tim ahli dari Undip dalam rangka penyusunan draft raperda tersebut mengatakan, dewan sudah melakukan konsultasi ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk meminta saran dan masukan guna penyusunan raperda tersebut. “Untuk saat ini pun dari komisi sendiri bersama tim ahli dari Undip Semarang sedang merumuskan naskah akademik serta rancangan draft raperda tersebut. Tujuan dari raperda ini adalah untuk mengantisipasi kekurangan energi listrik di Jateng pada 2014 mendatang,” jelasnya, kemarin. Rukma menambahkan, untuk di Jateng sendiri potensi energi listrik terbarukan terbilang cukup besar, mencapai 1.900 megawatt. Namun, yang telah dimanfaatkan hingga saat ini cuma sebagian kecil saja, hanya 60 megawatt. “Kalau cuma mengandalkan listrik dari sumber bahan fosil saja jelas tidak memungkinkan. Oleh karena itu secepatnya harus dicarikan sumber energi lainnya, semisal dari gas bumi atau geothermal,” paparnya. Sementara Koordinator Tim Ahli Penyusunan Naskah Draft Raperda Sri Suwitri mengatakan, secepatnya Jateng mengupayakan pengelolaan dan pengusahaan energi listrik dengan baik, karena jika tidak, maka dikhawatirkan pada tahun-tahun mendatang Jateng akan mengalami krisis listrik. Menurutnya, keputusan Komisi D DPRD Jateng yang mengajukan raperda inisiatif tentang ketenagalistrikan tersebut merupakan langkah yang tepat dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya krisis listrik di Jateng pada 2014 mendatang. “Akhir Januari nanti diharapkan penyusunan naskah draft raperda sudah bisa rampung dan bisa diserahkan ke Komisi D DPRD Jateng. Dalam raperda tersebut juga termuat aturan tentang tatakelola serta pengusahaan listrik di Jateng dengan mengutamakan kepentingan rakyat,” tegasnya. (hep/dnr)

164 kru kapal ini langsung membawa beberapa penumpangnya berwisata. Rencananya, usai dari Semarang melanjutkan tamasya ke Surabaya. “Sejumlah 105 orang penumpang Seabourn Legend menurut rencana berangkat ke Candi Borobudur dan 70 orang memesan paket wisata city tour seputar Semarang,” jelas Rismarture

World Class Port Disinggung soal modernisasi Pelabuhan Tanjung Emas, Rismarture menyatakan, pihaknya telah menyelesaikan tahap satu dari tiga tahap proyek MP3EI yang dicanangkan pemerintah. Dia terangkan, pembangunan Dermaga Pelabuhan Dalam, peninggian Lapangan Penumpukan Pelabuhan Dalam, peninggian Lapangan Penumpukan eksGudang Nusantara 02 dan Nusantara 03, peninggian Dermaga Nusantara, dan peninggian Lapangan Penumpukan Samudera telah selesai dilaksanakan. “Kami juga telah melakukan pengerukan kolam Pelabuhan Dalam pada Desember kemarin. Semula draftnya minus 5 meter. Sekarang menjadi minus 6 meter. Hal ini dilakukan sebagai upaya Pelabuhan Tanjung Emas mencapai status World Class Port,” terangnya sambil tersenyum. (moi/dnr)

PEMERINTAH Kabupaten Banyumas terus berupaya menjaga ketahanan pangan melalui berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat. “Ketahanan pangan harus dapat terjaga, terutama di saat menghadapi gejolak harga pangan seperti yang terjadi sekarang ini. Oleh karena itu, masyarakat harus diberdayakan guna menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Banyumas,” kata Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Banyumas Tjutjun Sunarti R, kemarin. Setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Kabupaten Banyumas telah mendapat alokasi anggaran guna meningkatkan ketahanan pangan melalui program pemberdayaan masyarakat. Pemkab juga akan menggelar kegiatan terkait upaya menjaga ketahanan pangan saat menghadapi gejolak harga pangan. “Kegiatan yang akan digelar pada 21 Januari di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas dengan melibatkan para camat dan kepala desa ini, akan diisi pengarahan oleh bupati,” kata Tjutjun. Kegiatan tersebut juga sebagai upaya pengembangan diversifikasi pangan di Banyumas. Terkait kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya, Tjutjun menambahkan, Banyumas akan tetap memfokuskan pada kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan. Kabupaten Banyumas pada 2011 menerima kucuran dana PNPM Mandiri Perdesaan sebesar Rp 37 miliar untuk pelaksanaan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di 19 dari 27 kecamatan yang ada. Sementara tahun ini, menerima kucuran dana PNPM Mandiri Perdesaan sebesar Rp 32,5 miliar. (dnr)

jumat, 20 januari 2012

harian semarang

AGAM

pok kePSIS

10 5

PSCS vs PSIS

4 Menumbangkan harian semarang

UKUM & KRIMINAL

Nusakambangan 16 Oleh Wikha Setiawan & Wiwig Prayugi

ITIS

PSIS diperkirakan akan mengeluarkan banyak keringat untuk mencuri poin saat menghadapi PSCS Cilacap di Stadion Wijayakusuma Cilacap, sore nanti. Maklum, ada dua pemain pilarnya tidak bisa diturunkan yaitu Vitor Borges de Souza dan Acmad Sumardi.

LWALKOT PrAkirAAN PEMAiN PSCS (4-4-2) Pelatih : Yessi Mustamu Kiper : Handoyo Belakang : Mahop (Kamerun), Dedean, Sandi, Eka W Tengah : Lee Su Yong (Korea), Nanang, Reza Dini, Tri Apmadi Depan : Batoum Roger (Kamerun), Taryono PSiS (4-3-3)

Berharap pesta seperti ini terjadi di Cilacap HARSEM/INDRA PRABAWA

Dikarbit Menjadi Pembunuh Goyang

MEMANDANG paras pelaku penikaman suporter, lutut saya seperti dicopoti. Betapa culun-nya bocah ini. Wajah yang mestinya akrab dengan IPA dan matematika, dan sebentar lagi harus berjuang untuk lulus dari SMP dan segera mencari-cari SMA. Anak-anak yang labil, secara emosi maupun kepribadian. Anak-anak tanggung yang umurnya rata-rata di bawah 20, Oleh: ArIef fIrhANUSA alias kisaran 14-16. Pada usia segitu, ketika jerawat mulai menjalar di pipi, maka mereka mencari-cari identitas diri. Apa yang dianggapnya superhero (yang mewakili ‘pemberontakan’ puber), maka lalu mereka tiru. Dan begitu mudah anak-anak itu dicekoki karbit. Menyaksikan para seniornya di kelompok suporter begitu hebat, ditopang begitu banyak adegan saling tembak dan pancal di layar kaca, maka bocah-bocah itu pun sontak ingin menjadi serupa. Maka, saat ada peluang untuk menjadi jagoan di tawuran – setidaknya ketika terjadi saling ejek di stadion maupun di luarnya – maka inilah saatnya beraksi. Lalu puncaknya tangan mungil itu menghujamkan gobang di tubuh orang, malam Minggu silam. Kaca spion suporter – terutama di Indonesia, lebih utama lagi di Semarang – telah berbelok menjadi presentasi geng-gengan. Niat mulia para pendiri organisasi Panser Biru maupun SneX – serta beberapa pihak yang ngotot mempertahankan pendirian bahwa suporter ada karena untuk mendukung perjuangan PSIS – kini makin tak berbekas sebab anak-anak bau kencur terjun ke dalamnya hanya untuk gagah-gagahan. Tengok saja saat berangkat menuju Jatidiri kala PSIS menjamu tamunya. Anak-anak itu berboncengan tiga tanpa helm, tanpa spion. Dengan syal di leher serta bendera yang dikelebatkelebatkan di ujung pentungan, bangjo pun disasak, polisi dicueki. Itu masih pula dengan knalpot growong dengan suaranya mematikan penderita jantung. Generasi yang dibentuk dengan kekerasan dan masa depan suram. Generasi yang diciptakan lewat paradigma-paradigma sesat. Generasi yang dilahirkan di negeri yang semu, yang hampir semua orang boleh korupsi dan bau terasi. Generasi yang sejak mak ceprot sudah diperlihatkan gebuk-gebukan di tivi, sinetron berbibir menor dan bisa saling cium di taman atau kolam renang. Maka, saat bagian itu kita sodorkan, maka kita, para orangtua, memikul kesalahan paling besar. Orangtua-orangtua macam kita yang boleh mencak-mencak di atas meja gedung DPR, yang boleh menembaki orang-orang tak berdosa, yang boleh menyiram orangtuanya dengan tai, yang boleh menjilat ludah sendiri hanya untuk menjadi Ketua PSSI, sesungguhnyalah dalang dari semua kekisruhan negeri ini. Sebenarnya, para remaja yang mudah kerasukan setan dan kemudian memaki, membacot, dan membunuh itu tak lebih produk orangtua di negeri ini yang jangankan mengatur diri sendiri saja susah, apalagi membentuk moral generasi muda. Sepakbola beranjak menjadi kolam keruh dengan tangan-tangan kotor yang membiarkan para remaja tak memahami kesuraman masa depannya, saat mereka akhirnya ditolak bekerja dimanamana lantaran telah cacat hukum dan tak berhak mendapatkan surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian! ***

Semarang

kiper : i komang Putra Belakang : Ari Noviga, Azmi Azwibi, Parjono, Iwan HW Tengah : Doni Siregar, Han Ji Ho, Iswandi Dai Depan : Khusnul Yakin/Simone Quintierri, Engkus Kuswaha, Steven Anderson

P

AdAhAl kedua pemain tersebut menempati posisi vital dalam tim di beberapa laga sebelumnya. Vitor Borges de Souza membuktikan diri sudah mengoleksi dua gol di tiga laga. Sedangkan Sumardi menjadi pentolan benteng pertahanan sehingga sampai saat ini gawang PSIS masih perawan. Bahkan, pemain asal Bojonegoro ini menjadi kandidat kapten tim Mahesa Jenar. Namun, pelatih PSIS Edy Paryono menegaskan, timnya tidak akan gentar dan siap mencuri poin di kandang lawan. segala bentuk persiapan sudah dimatangkan, terutama pengganti dua pemain pilar tersebut. “Sejauh ini tidak ada masalah dengan absennya dua pemain tersebut. Kami sudah menunjuk pemain pengganti dan secara kualitas tidak jauh berbeda,” ujar EP, begitu sapaannya. Sebagai pengganti di sektor belakang terdapat nama baru Ikhwan Wicaksono yang telah menandatangani kontrak, pekan lalu. Eks Semarang United ini cukup berpengalaman sebagai starter saat di tim lamanya yang juga di bawah komando EP. Selain itu, ada nama lain yang

Kelayakan Lapangan Diabaikan dUAlISMe kompetisi yang terjadi di Indonesia membuat banyak pihak menilai kompetisi menjadi tak menarik lagi. Berbeda dengan musim lalu, semua tim dari berbagai daerah menjadi satu yang mebghasilkan pertandingan-pertandingan seru. PT LPIS sebagai wadah PSIS Semarang dalam berkompetisi juga melupakan kelayakan stadion. Mesi telah memiliki tribun berkapasitas 25 ribu penonton, fasilitas penunjang dan kondisi lapangan sangat memperihatinkan. “Katanya dulu ada zero tolerance dari AFC, saya berharap banyak semua bisa membaik. Stadion misalnya, lapangan Jatidiri sebenarnya sangat tidak layak untuk dipakai laga profesional. Kondisinya semakin parah, seandainya diverifikasi betul apakah lolos?” ujar pelatih PSIS Edy Paryono. Soal stadion ini, sebelumnya PSIS yang merger dengan eks klub LPI, Semarang United akan diberi bantuan. Namun, dalam

Lapangan Jatidiri, kapan akan dipermak?

perjalanannya, bantuan dari konsorsium tidak semuanya cair. Bahkan, untuk mengecat tribun dilakukan oleh suporter. Kondisi lapangan juga sangat parah. Jika musim kemarau lapangan dan rumput mengeras, kalau musim hujan akan berubah menjadi sawah. “Kita akui stadion ini sangat memprihatinkan. Kami hanya bisa berharap dari Pemprov Jateng untuk mengagendakan perbaikan. Tapi kendalanya, karena kompetisi sudah berjalan tentu tidak bisa memperbaiki lapangan,” kata Manajer Operasional PSIS Budi Santoso. Selain stadion, banyak hal-hal sepele yang terlupakan oleh penyelenggara liga. Dalam hal ini, PT LPIS lebih banyak melakukan kesalahan karena masih baru. Pada laga PSIS versus PSIR Rembang misalnya, warna kostum yang digunakan wasit sama dengan kostum tim tuan rumah.

(wig/rif)

HARSEM/INDRA PRABAWA

harian semarang

kerap dipercaya mengisi lini belakang yaitu Azmi Azwibi, Parjono, Iwan HW, Ari Noviga, dan Simon Kujiro. Sementara itu, beberapa mesin gol yang tak kalah tajam dipastikan akan merepotkan barisan belakang Laskar Nusakambangan. Mereka adalah Khusnul Yakin, Simone Quitieri, Engkus Kuswaha, dan M Yusuf. “PSIS itu tidak hanya berpangku tangan pada salah satu pemain atau beberapa pemain saja. Kami bekerja secara tim, sehingga semua pemain siap pada tugasnya masing-masing, termasuk pemain lapis,” lanjutnya. Vitor Borges terpaksa absen karena mendapat kartu merah dan Ahmad Sumardi akumulasi kartu kuning saat PSIS menekuk PSIR Rembang 3-0 di Stadion Jatidiri, pekan lalu.

harian semarang

8

Target Poin Absolut Kubu PSCS tidak begitu saja menyerahkan poin kepada lawannya saat bermain di hadapan ribuan sporternya sendiri. Pelatih PSCS Jessie Mustamu mengaku anak-anak asuhannya sudah dibekali teknik dan suntikan mental untuk melahap habis Mahesa Jenar. “Saat bertanding di Wijayakusuma, semua poin milik kami. Kemenangan sudah menjadi target utama, dan anak-anak tahu itu,” papar Jessie. Jessie juga mengaku sudah mengetahui sedikit banyak permainan PSIS, tetapi dirinya tak mau terpancang pada permainan sebelumnya. Sebab, penampilan setiap tim bisa berubah antara satu partai dan partai lainnya. Apa yang diperlihatkan PSIS saat melawan PSS belum tentu sama dengan ketika dijamu Cilacap. Untuk itu, ia sudah mengantisipasi semua kemungkinan yang bisa terjadi. Saat di Sleman, PSIS memakai pertahanan dengan tiga pemain di babak pertama, tetapi kemudian ganti menjadi empat pemain. “Berharap dukungan suporter dan warga Cilacap, karena hal itu bisa menyulut semangat anak-anak untuk meraih kemenangan,” ucapnya. (rif)

AGAM

UKUM & KRIMINAL

RITIS

harian semarang

11 5

harian semarang

4

harian semarang

16

harian semarang

8

foto-foto: harsem/afP

sepak

jumat, 20 januari 2012

Oleh Tri Wuryono Real Madrid lagilagi tak berdaya di el clasico. Bukan sekadar kekalahan, tetapi juga insiden memalukan yang menuai banyak kecaman.

LWALKOT

S

Tanggung Jawab Mou

Spesial untuk guardiola, tapi pahit buat mourinho harsem/getty images

SELAIN Pepe, entrenador Jose Mourinho juga tak luput dari kecaman. Pendukung Los Blancos menyuarakan agar Mou hengkang dari Bernabeu. “Masalahnya bukan Barcelona, tapi Real Madrid tidak memiliki sikap. Ini memalukan, Mourinho silakan pergi

sekarang.” Teriakan-teriakan itulah yang dilontarkan fans El Real seperti ditulis Marca. Media-media Eropa pun menyoroti ketidakmampuan Mourinho untuk menangkal strategi Pep Guardiola. Pelatih yang memasuki tahun keduanya

Dalam insiden yang terjadi di menit ke-68 tersebut, Messi sedang terduduk di lapangan usai dilanggar Jose Callejon. Pepe yang menghampiri wasit yang hendak mengartu Callejon kemudian kedapatan menginjak jari tangan Messi. Wasit luput melihat kejadian tersebut. Tetapi insiden ini tetap terlihat jelas di tayangan ulang. Pepe pun dikecam. Bomber Manchester United Wayne Rooney menyebutnya “idiot” melalui akun twitter-nya.

Papis Demba Cisse

bersama Los Merengues tersebut dinilai melakukan pendekatan yang kurang tepat dengan ide permainan teknis yang ‘merusak’ El Real. “Real dipermalukan di Bernabeu oleh rival. Ini adalah terowongan tak berujung untuk Real Madrid,” tulis media olahraga Perancis L’Equipe. Media Jerman Bild menyoroti permaian destruktif Real Madrid tetap saja belum mampu mengimbangi Barca. Begitu juga dengan media Portugal A Bola. “Mourinho telah melakukan pendekatan yang sama seperti ketika membawa Inter Milan mengalahkan Barca tiga tahun lalu. Tapi, Mourinho belum menemukan rumus yang pas untuk Madrid.” Sementara, bagi Pep Guardiola, kemenangan tersebut menjadi kado istimewa di hari ulangtahunnya yang ke41, yang jatuh pada tanggal 18 Januari. Pep pun membuat catatan spektakuler dengan memimpin Barca memenangi el clasico di Bernabeu dua kali berturut-turut dalam semusim. Barca telah memenangkan 23 kali di Bernabeu. Itu merupakan kemenangan kesembilan yang dibukukan Barca dalam El Clasico sejak dilatih oleh Guardiola pada 2008 lalu. Menurut Infostrada, pelatih yang akrab disapa Pep itu kini sejajar dengan Cruyff yang mencatatkan rekor kemenangan yang sama atas Madrid semasa melatih Barca pada 19881996. (twu)

Newcastle’s No 9 NEWCASTLE kini bersiap menyambut pemilik jersey nomor 9, yang sudah satu tahun belakangan lowong. Nomor keramat tersebut resmi menjadi milik Papis Demba Cisse, bomber anyar yang direkrut dari Freiburg. Di Newcastle, nomor tersebut identik dengan Alan Shearer. Penyerang timnas Inggris itu memang adalah ikon serta mesin gol klub asal Tyneside itu semasa masih bermain. Dengan jersey no 9 itu Shearer tampil sebanyak 404 kali dan menyumbang 206 gol selama sepuluh tahun bermukim di St James Park. Meski tak menyumbang gelar, tapi Shearer adalah legenda klub itu. Ketika Shearer pensiun di musim 2005/2006, jersey no 9 tak bertuan, hingga Andy Carroll memakainya di musim lalu. Meski hanya enam bulan menggunakan nomor itu—sebelum akhirnya pindah ke Liverpool—Carroll sudah membuktikan dengan gelontoran 11 gol dari 20 penampilannya. Cisse sendiri merupakan rekrutan pertama The Magpies di bursa transfer musim dingin ini. Striker yang saat ini membela Senegal di Piala

Sempat beberapa bulan setelah Maldini pensiun, ia ditawari menjadi staf kepelatihan namun ditolaknya. Sebuah hal yang agak janggal mengingat eks bintang Milan lainnya macam Franco Baresi, Mauro Tasotti atau Franco Gali, punya jabatan di klub itu. Setelah tiga tahun berlalu Maldini akhirnya buka suara terkait sampai saat ini dirinya seperti “menjauh” dari Milan. Menurut pria berusia 43 tahun itu, ia memang beberapa kali ditawari menjadi staff di klub yang

diperkuatnya selama 23 tahun itu tapi tak pernah ada realisasi dari petinggi Milan. “(Pemilik Silvio) Berlusconi berulang kali menyebut namaku, begitu juga Barbara Berlusconi, tapi kenyataannya tidak apapun yang ditawarkan kepadaku,” tutur Maldini seperti dilansir Football Italia. “Leonardo mau aku lebih dekat dengan tim, dan (Massimiliano) Allegri menginginkanku menjadi penghubung antara tim dengan

petinggi klub,” sambungnya. “Banyak bekas rekan ingin aku kembali ke Milanello juga. Tapi mereka selalu menemukan jika kesempatan itu telah ditutup oleh klub. Aku benar-benar tidak tahu apa yang mendasari keputusan ini,” tukasnya. Maldini dikabarkan akan segera bergabung dengan PSG sebagai staf Carlo Ancelotti. Namun, hingga kini belum ada konfirmasi resmi dari kedua kubu. (twu)

Afrika tersebut dibeli dengan banderol 10 juta poundsterling. Cisse diproyeksikan menjadi tandem bagi top skorer Newcastle musim ini Demba Ba. Kebetulan, keduanya juga sama-sama dari Senegal. “Hal yang paling penting adalah Cisse benarbenar ingin memakainya, dia ingin memegang tanggung jawab itu dan itu sudah setengah jalan. Ada ekspetasi yang datang bersamaan dengan itu, tapi hal terpenting Anda bisa mencetak gol,” tutur Shearer. Bergabungnya Cisse tersebut menepis rumor bakal kembalinya Andy Carrol. Sebelumnya, santer beredar kabar striker 23 tahun itu bakal dipulangkan setelah gagal bersinar di Liverpool. (twu)

harsem/getty images

Maldini Dicampakkan Milan LEGENDA AC Milan Paolo Maldini tengah uring-uringan. Sebabnya, eks el capitano Rossoneri itu merasa dicampakkan oleh bekas klubnya tersebut. Inilah yang kemudian muncul spekulasi Maldini bakal bergabung dengan Paris Saint Germain bersama. Sejak pensiun akhir musim 2008/2009, Maldini relatif tak terdengar lagi namanya di persepakbolaan. Maldini lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Musim lalu, Pepe juga dikartu merah saat El Real dan Barca bertarung di leg 1 semifinal Liga Champions. Bek Portugal itu mendapat dua kartu kuning karena melakukan pelanggaran yang membahayakan Dani Alves, dan melabrak sambil menyikut Lionel Messi. Akibat kekalahan itu, peluang Si Putih untuk mempertahankan trofi yang direbut musim lalu bakal semakin berat. Leg 2 akan dipentaskan di Camp Nou, Kamis (26/1) dinihari WIB. ***

harsem/reuters

MEMALUKAN

ANTIAGO Bernabeu semakin akrab dengan Barcelona. Kamis (19/1) dinihari WIB, pasukan Catalan untuk kali kedua di musim ini mempermalukan Real Madrid di hadapan pendukungnya. Kemenangan El Barca tersebut juga menyisakan aib bagi Los Blancos. Awalnya, duel el clasico di leg 1 babak perempatfinal Copa del Rey itu bakal menjadi milik Madrid ketika Cristiano Ronaldo mampu mencetak gol cepat di menit 11. Tapi, seperti pada pertemuan di La Liga, Desember lalu, selanjutnya pemain-pemain Madrid begitu mudah ‘dibodohi’ Messi cs. Ya, saat Madrid takluk 1-3 di tempat yang sama, bulan lalu, mereka juga mampu unggul lebih dulu melalui Karim Benzema. Dalam duel el clasico edisi keempat musim ini, anak asuh Pep Guardiola mampu bangkit dan memegang kendali permainan. Hasilnya, Barca mampu membalikkan keadaan di babak kedua melalui gol Carles Puyol (48) dan Eric Abidal (77). Los Merengues pun kembali terkulai di hadapan rival abadi mereka. Kekalahan itu juga dibumbui perilaku brutal bek El Real Pepe.

Maldini (kiri)

pendidikan RSBI Berencana Kurangi Kegiatan SeJUMlAH sekolah berstatus rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) bersiap melakukan efisiensi menyikapi terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebuayaan (Permendikbud) Nomor 60 Tahun 2011 yang melarang sekolah bertaraf internasional (SBI) dan RSBI menarik pungutan. Salah satunya efisiensi yang direncanakan berupa pengurangan kegiatan sekolah. Kepala SMPN 5 Semarang, Suharto mengakui terbitnya Permendikbud No 60 Tahun 2011 sebagai regulasi tentang pungutan bagi RSBI/SBI tentunya sedikit banyak akan berpengaruh pada kelangsungan program sekolah. “Paling kentara dampaknya tentunya bagi kegiatan-kegatan sekolah RSBI yang selama ini memang membutuhkan biaya cukup besar,” ucapnya, kemarin. Menurutnya, sekolah mau tidak mau harus menyesuaikan program kegiatan dengan anggaran yang tersedia. Dengan terbitnya regulasi pungutan ini, pihaknya merencanakan untuk mengurangi kegiatan sekolah. “Namun, pengurangan kegiatan sebagai efisiensi tentunya tidak serta-merta akan dilakukan, harus melalui kajian dan pembahasan terlebih dulu untuk mengetahui dampak positif dan negatif terhadap siswa,” ujarnya. Sampai saat ini, pihaknya mengaku belum menerima sosialisasi secara formal terkait Permendikbub No 60 Tahun 2011, tetapi pihaknya sudah mengetahui dan sudah melakukan koordinasi intern untuk mendalami regulasi tersebut. “Permendikbud ini diterbitkan seiring adanya kenaikan besaran bantuan operasional sekolah (BOS), dari tahun lalu sebesar Rp575 ribu untuk setiap siswa per tahun menjadi Rp710,” jelasnya. Kepala SMP Negeri 2 Semarang, Sutomo menilai regulangi yang mengatur tentang pungutan itu tidak akan berpengaruh besar pada pengembangan kualitas dan mutu pembelajaran di sekolah RSBI. “Perlu dipahami, yang dilarang di regulasi itu adalah pungutan, bukan sumbangan. Pengertiannya berbeda, kalau pungutan besarannya ditetapkan dan sifatnya wajib, sedangkan sumbangan diberikan secara sukarela,” tucap Sutomo. (sna/nji)

Juni, SNMPTN Jalur Ujian Tulis

SeleKSI Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Jalur Ujian Tulis akan dihelat pada pada bulan Juni. Ketua Panitia SNMPTN 2012 Akhmaloka menjelaskan, pendaftaran SNMPTN melalui jalur undangan dapat dilakukan mulai 10 sampai 31 Mei 2012 secara online melalui undangan.snmptn.ac.id. Melalui laman tersebut, para pendaftar juga dapat mengakses segala informasi mengenai tata cara pendaftaran. “Tata cara pengisian borang (formulir) pendaftaran jalur undangan dapat diunduh dari laman tersebut mulai 20 Januari 2012,” kata Akhmaloka dalam jumpa pers SNMPTN 2012 di Gedung Kemendikbud, Jakarta, kemarin. Adapun untuk pendaftaran SNMPTN melalui ujian tertulis dapat dilakukan melalui laman ujian.snmptn. ac.id. Di situ juga terdapat cara pengisian formulir pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan yang dapat diunduh dari laman yang sama mulai 11 Maret 2012. SNMPTN jalur ujian tertulis akan berlangsung selama dua hari, yakni 12 dan 13 Juni 2012. Hari pertama untuk tes potensi akademik (TPA) serta tes bidang studi dasar, sedangkan hari kedua untuk tes bidang studi (IPA dan IPS). “Ujian keterampilan juga digelar selama dua hari, yaitu pada 14 dan 15 Juni 2012. Semua hasilnya akan diumumkan pada 7 Juli 2012,” ujar Rektor ITB tersebut. Setiap peserta diminta membayar biaya pendaftaran sebesar RP 175.000 untuk SNMPTN Jalur Undangan 2012. Untuk ujian tertulis, setiap peserta dikenai biaya sebesar Rp 150.000 untuk kelompok IPS dan Rp 175.000 untuk kelompok IPC (IPA dan IPS). Adapun biaya ujian keterampilan sebesar Rp 150.000 untuk setiap peserta dan dibayarkan pada saat peserta mengikuti ujian keterampilan di perguruan tinggi negeri penyelenggara. Selain melalui situs www.snmptn.ac.id, informasi mengenai SNMPTN 2012 dapat diakses melalui akun Twitter @2012snmptn, grup SNMPTN pada Facebook, halo.snmptn.ac.id, email panitia@snmptn.ac.id, dan call center 08041450450. (nji)

12

JUMAT, 20 Januari 2012

Menanam Pohon Harapan, Melestarikan Tradisi Oleh Sokhibun Ni’am

Melalui pohon harapan, siswa berharap sekolah bisa semakin berprestasi. Di SMA Kebon Dalem, mei hwa (pohon harapan) juga menjadi simbol keberagaman.

R

ANTING pohon yang hendak dijadikan pohon mei hwa oleh siswa-siswi SMA Kebon Dalem Semarang, kemarin (19/1) siang masih teronggok di depan ruangan kepala sekolah. Belum begitu banyak bunga berwarna merah muda yang terpasang di pohon setinggi 1.5 meter itu. Begitu pula pernak-pernik Imlek seperti amplop angpao yang berisi harapan juga belum terlihat tergantung. “Pohon mei hwa ini masih dalam proses persiapan pembuatan. Siswa-siswi kami sedang berusaha mengumpulkan pernakperniknya. Nanti, setelah jam sekolah selesai baru akan kami mulai proses menghias,” ucap Theo Asri salah seorang guru di sekolah itu, kemarin. Setelah menunggu sekitar 30 menit, akhirnya bel panjang tanda selesainya jam sekolah berbunyi, disusul suara riuh siswa yang berhambur dari dalam kelas untuk pulang. Di antara keriuahan, tampak sejumlah siswa menenteng pernak-pernih Imlek dan segepok amplop angpao yang telah dipasangi benang berwarna merah untuk dipasangkan di pohon Mei Hwa. Saat Imlek tiba, pohon mei hwa menjadi salah satu aksesoris yang lazim ditampilkan. Secara harfiah, mei hwa berarti bunga yang cantik. Pohon ini memiliki kekhasan dengan bunga berwarana merah muda, seperti bunga sakura. Dalam tradisi Tionghoa, pohon

HARSEM/SOKHIBUN NI’AM

Sejumlah siswa SMA Kebon Dalem memasang pernak-pernik di pohon mei hwa di teras sekolah

HARSEM/SOKHIBUN NI’AM

Sejumlah siswa SMA Kebon Dalem memasang pernak-pernik di pohon mei hwa di teras sekolah tersebut juga sering disebut sebagai pohon harapan. Disebut sebagai pohon harapan karena menjadi tempat penyampaian berbagai harapan manusia kepada pencipta pada hari istimewa ini. Seperti dilakukan Ricky Arif, salah seorang siswa kelas XI. Pada Imlek 2563 ini, ia mengaku mempunyai harapan dan telah ia tuliskan dalam kertas angpau untuk selanjutnya ia gantungan di pohon mei hwa di sekolahnya itu. “Harapan saya di tahun naga air ini sekolah ini semakin maju,” bebernya ketika ditanya isi angpaonya. Begitupula Ananda Puteri. Siswi kelas X itu kemarin juga turut menggantungkan

angpao berisi harapan. “Saya menulis ucapan tahun baru Imlek buat temanteman sekaligus sebagai doa semoga semuanya diberi kesehatan dan bisa meraih prestasi,” ucapnya. Di sela-sela mendampingi siswanya menghias pohon mei hwa, Theo Asri menambahkan, kegiatan membuat pohon harapan ini sudah menjadi tradisi di sekolah SMA Kebon Dalem. Meskipun sebagian besar siswa merupakan pemeluk Protestan, namun pihak sekolah tetap mendorong para siswa untuk menyelenggarakan perayaan Imlek. “Salah satu tujuannya, agar para siswa tidak tercerabut dari akar tradisi

nenek moyangnya. Melalui lembaga OSIS, mereka kami dorong untuk menjaga dan melestarikan tradisi ini,” jelas guru olahraga itu. Theo juga mengatakan, perayaan Imlek di SMA Kebon Dalem tahun ini memang tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya, yang banyak diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan. Tahun ini, perayaan Imlek haya diisi dengan pembuatan pohon mei hwa dan menghias lingkungan sekolah dengan pernak-pernik khas kreasi siswa sendiri. “Meski demikian hal itu sama sekali tidak mengurangi semangat merayakan Imlek,” tandasnya. (nji)

Berbagi Tak Harus Berupa Materi

HARSEM/DOK

V Mulyono

HIDUP adalah sebuah pilihan. Untuk itu pilihlah dengan tepat dalam menentukan pilihan Anda. Kalimat tersebut merupakan prinsip hidup dari Kepala Sekolah SDN Genuksari 01 Semarang, V Mulyono. Baginya, menjalani hidup haruslah bisa berguna bagi orang lain. Dengan begitu, hidup akan terasa lebih berarti. “Hidup adalah pengabdian, pengabdian umat manusia terhadap Tuhan,” ujar pria kelahiran Blora, 22 Januari 1962 tersebut. Caranya dengan berbuat baik kepada sesama, saling membantu satu sama lain, intinya berguna bagi sesama. ”Sekecil apapun yang kita lakukan untuk orang lain, selama itu membawa kebahagiaan bagi mereka, berarti kita sudah berguna bagi orang lain,“ kata dia. Suami dari Sugiarti ini mengungkapkan, berbuat baik pada sesama tidak harus berupa materi atau barang. Karena kemampuan masing-masing orang tidak sama. “Jika kita memiliki keterbatasan dalam materi, ada cara lain untuk menunjukkan

kepedulian kita terhadap sesama, yaitu dengan memberikan perhatian kita pada mereka,” terangnya. Terlebih apabila orang tersebut tengah menghadapi masalah. “Ajak bicara dari hati ke hati. Dengan begitu beban dalam dada mereka bisa sedikit terangkat,“ lanjut Mulyono. Bicara tentang pekerjaan, ayah dari Dyah Ayu Putri Kusuma, Mahasiswa S2 Undip dan Kuntum Ragil Putri Kusuma, SMP kelas 2 ini selalu bersemangat. Dikatakan, selama berkecimpung di dunia pendidikan, dirinya pernah beberapa kali meraih sejumlah prestasi. Di antaranya meraih gelar Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Kecamatan Genuk. Perolehan tersebut, dikatakan menjadikan motivasi baginya untuk meningkatkan kinerja serta menambah pengalamannya di bidang pendidikan. Obsesi untuk mencerdaskan anak bangsa terus dirintisnya. Melalui sekolah yang dipimpinnya, pria yang hoby lari pagi ini mulai mengatur strategi untuk mencetak

siswa berpretasi. “Dengan dukungan semua pihak, baik pemerintah, guru, juga orang tua siswa, saya yakin tujuan ini tidak lama lagi akan terwujud,” tandasnya. Salah satu yang dilakukannya yaitu meningkatkan mutu generasi penerus bangsa agar kelak semakin siap bersaing di dunia kerja. “Sebenarnya tidak sulit untuk mewujudkan itu, kuncinya adalah disiplin. Bila generasi muda kita memiliki disiplin tinggi, Saya yakin kelak mereka dapat berperan serta membangun bangsa kita tercinta,” tegasnya. Mengenai keluarga, pengagum mantan presiden AS Jhon F Kennedy ini mengakui, istri merupakan sosok yang berpengaruh dalam hidupnya. “Dalam menyikapi masalah yang timbul, di keluarga kami terbiasa untuk menghadapi masalah bersama Tuhan. Ibarat kita memikul barang, saat naik bus, maka barang itu harus kita letakkan sehingga beban kita bisa menjadi ringan,” pungkasnya. (aris wasita widiastuti/nji)

Demi Lulus UN, Siswa Ikuti Les Malam

HARSEM/SOKHIBUN NI’AM

Para siswa kelas SDN Wates Semarang mengikuti les malam hari demi sukses meraih kelulusan BeRBeKAl perangkat LCD proyektor Riyanto memaparkan materi pelajaran IPA di hadapan puluhan muridnya. Nyaris tidak ada suara yang terdengar dalam kegiatan belajar mengajar di aula SDN Wates 01 Ngaliyan

Semarang, itu. Selain suara Riyanto dan para siswa yang sesekali terdengar ketika diminta menjawab pertanyaan, yang banyak terdengar pada malam itu hanyalah suara hujan yang merintik sejak petang menjelang.

Selain aula, Selasa (17/1) malam kemarin memang tidak ada satu pun ruangan di sekolah tersebut yang terlihat dimeriahkan aktifitas siswa. Tidak ada satu pun lampu di ruangan yang terlihat menyala. Maklum, malam hari memang bukan waktunya para siswa berada di sekolah. Adapun mereka yang berada di sekolah malam kemarin adalah para siswa kelas VI yang sedang mengikuti kegiatan belajar tambahan untuk menghadapi Ujian Nasional (UN). Menurut Riyanto guru yang sekaligus menjadi kepala sekolah SDN Wates 01, kegiatan belajar tambahan atau les pada malam hari ini sudah dijalankan sekolahnya mulai semester awal lalu. Dengan jadwal dua kali dalam sepekan, setiap siswa kelas VI yang mulai 7 Mei mendatang akan menjalani UN digembleng dengan kisi-kisi UN 2012. Setiap kali digelar, les dilangsungkan mulai pukul 18.30-20.30. “Siswa kelas VI di sekolah kami berjumlah 75 anak, terbagi dalam dua kelas A dan B,” jelasnya. Dalam sepekan sebenarnya sekolah menjadwalkan les tiga kali. Yakni Selasa malam untuk pelajaran bahasa Indonesia dan IPA, diikuti siswa kelas A dan B secara bersamaan. Khusus untuk pelajaran matematika dipecah dalam hari berbeda.

“Yakni kelas A pada Jumat malam dan kelas B pada Minggu malam,” jelasnya kepada Harsem, usai memberi les kepada siswanya malam itu. Pelaksanaan les pada malam hari, ia katakan, memang sengaja diprogramkan pihaknya dan sudah berjalan mulai tahun ajaran sebelumnya. Les pada malam hari ini, menurutnya lebih efektif untuk mempersiapkan siswanya menghadapi UN. “Ketika di rumah siswa biasanya malas belajar karena lebih tertarik nonton tivi atau bermain. Agar waktu tidak terbuang sia-sia, maka kami manfaatkan untuk mengajak mereka belajar bareng di sekolah, memperisapkan diri dalam menghadapi UN,” terangnya. Program sekolah ini, dikatakannya, sangat didukung orangtua siswa. Karena selain alasan pihaknya memang tidak menarik pungutan untuk kegiatan les ini, para orangtua siswa juga menganggap kegiatan sangat positif bagi anak-anaknya ketimbang belajar sendiri di rumah. “Beberapa waktu lalu les ini sempat saya liburkan karena saya sakit. Banyak orangtua menanyakan ke sekolah kapan les dilanjutkan kembali,” bebernya. setiap pelaksanaan les, pihaknya juga

tidak semata-mata hanya memberikan pelajaran yang diujikan dalam UN. Setiap kali ada kesempatan, pihaknya juga memberikan semangat dan pesan-pesan kepribadian kepada siswa. Seperti malam kemarin, sebelum jam les selesai, Riyanto dengan panjang lebar memberikan pesan kepada siswanya untuk menjauhi budaya menyontek, termasuk dalam pelaksanaan UN nanti. “Nilai yang rendah tapi hasil dari usaha sendiri itu lebih baik ketimbang nilai bagus tapi dari hasil mencontek teman. Kalau mau nilai bagus kuncinya adalah belajar yang giat dan berdoa, karena itu merupakan salah satu dari kunci kesuksesan manusia,” pesannya. Meski les dilakukan malam hari, namun para siswa tidak merasa keberatan. Adinda Kencana Putri, salah satu siswa mengaku merasa senang ikut les malam hari di sekolahnya. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu dirinya untuk bisa mempersiapkan diri menghadapi UN. “Saya tidak merasa capai meski pagi sudah belajar di sekolah terus malamnya juga kembali belajar di sekolah. Belajar bareng kayak gini itu lebih enak ketimbang belajar sendiri di rumah,” ucapnya, saat ditemui selesai mengikuti les.

(sokhibun ni’am/nji)


HARIAN SEMARANG 200112