Issuu on Google+

Efek Jadwal Mepet

Langganan Rp 40.000/bulan Hubungi Lukman 024-74055917

Jadwal mepet jadi biang kerok rontoknya tim-tim papan atas. dua pekan terakhir seolah neraka bagi dua pemuncak klasemen, Manchester City dan Manchester United. Kesempatan United berkuasa digagalkan Blackburn Rovers, sementara City dipermak Sunderland. Selengkapnya baca halaman 11

EDISI 717 selasa legi, 3 Januari 2012 8 Shafar 1433 H Terbit 12 Halaman

Redaksi Telp 024-3518359, Fax. 024-3516531 Iklan & Sirkulasi Telp 024-3516531, 91507718 Fax. 024-3516531

Jateng Sarang Koruptor Di-PHK, Stress, Lalu Ngendat

Oleh abdul Mughis

Talud Karanganyar gunung ambrol

DIDUGa tidak kuat menahan stres karena di-PHK, seorang pria paruh baya memilih bunuh diri dengan cara gantung diri, kemarin siang. Jasad Suharjito (41), ditemukan tergantung dengan posisi leher terjerat dengan menggunakan tali plastik di sebuah blandar dalam rumahnya yang beralamat di Kampung Sumur Gunung RT 03/RW 05 Kelurahan Sumurejo, Gunungpati, Semarang. Sang ibu kandung, Jasmirah (66), menemukan jasad sang anak telah kaku tak bernyawa pada pukul 03.30, saat ia hendak pergi ke dapur.

hUJan yang mengguyur Kota Semarang sejak Minggu (1/1) hingga Senin kemarin menyebabkan talud di wilayah RT 01/RW 04, Kelurahan Karanganyar Gunung, Kecamatan Candisari, Ambrol. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Tetapi, sebuah rumah milik Matias (52) dan ayahnya, Atmorejo (102), yang berada di atasnya nyaris ikut runtuh. Kondisi tersebut membuat Matias yang hanya tinggal bersama ayahnya terpaksa mengungsi ke rumah tetangganya, Sumarno, karena khawatir rumahnya longsor. Talud yang berada tepat di sisi samping rumah Matias memiliki ketinggian 11 meter dengan lebar 10 meter memanjang dari belakang,

Bersambung Hal 7

Perkawinan antara moral bobrok dengan mental maling melahirkan wabah korupsi di setiap lini dalam instansi pemerintah di Jawa tengaah. Parah!

D

IakUI atau tidak, pungli masih ada di sana sini. Anehnya, itu adalah pemandangan wajar dan sulit diberantas. Mulai pengurusan KTP, SIM, BPKB, perizinan usaha, perizinan bangunan, hingga tender instansi dinas provinsi, tidak lepas dari praktik berbau korupsi. Maraknya bupati-bupati yang terjerat kasus korupsi adalah prestasi buruk yang menyolok di depan mata kita. Komite Penyelidikan dan pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah mencatat, dari 35 kabupaten/kota di Jateng, hanya dua kabupaten saja yang dinyatakan bersih dari korupsi, yakni Blora dan Purbalingga. Sementara 33 kabupaten lain memiliki pejabat penting yang terlibat kasus korupsi, termasuk kepala daerahnya. Fakta 95% lebih kasus korupsi melilit pemerintah kabupaten/kota di Jateng tersebut menunjukkan masih jauh dari target terwujudnya pemerintah yang bersih dari korupsi.

Bersambung Hal 7

Bersambung Hal 7

HARSEM/DOK

Daftar KepDa Korup Di Jateng

Epilepsi Kambuh, Tewas di Sungai SUGIyanto (30) warga Krajan, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang kemarin ditemukan tewas di sungai. Diduga, korban meninggal akibat penyakit epilepsinya kambuh, lalu terpeleset dan jatuh ke sungai hingga menemui ajal. Mayat korban pertama kali ditemukan oleh tetangganya, Sutar (30) yang saat itu hendak buang hajat di sungai setempat. Kemudian ia dikagetkan saat melihat sesosok tubuh tergeletak di pinggir sungai. Sutar semakin terkejut saat ia mendekati dan mengetahui bahwa orang yang telah menjadi mayat tesebut tak lain adalah tetangganya sendiri, yakni Sugiyanto.

Bersambung Hal 7

1

Bupati Batang (aktif) Bambang Bintoro tersangka dalam kasus dugaan bagibagi uang dari dana APBD 2004 atau pemberian bantuan purnatugas bagi anggota DPRD periode 1999-2004 di Ruang Mawar senilai Rp 796 juta.

2

Bupati Pati (aktif) Tasiman tersangka dugaan korupsi APBD 2003 pada pos pembiayaan LPj tahun 2002 dan pos bantuan kepada pihak ketiga senilai Rp 1,9 miliar. Bupati Rembang (aktif) M Salim tersangka dalam kasus dugaan korupsi Penyimpangan Penyertaan Modal PT RBSJ (Rembang Bangkit Sejahtera Jaya) dari APBD TA 2006 dan 2007 senilai Rp 5,2 miliar. Bupati Tegal (aktif) Agus Riyanto telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Jalan Lingkar Kota Slawi (Jalingkos) senilai Rp 17 miliar.

3

4 Lokasi talud longsor di wilayah RT 01/RW 04 Kelurahan Karanganyar Gunung HARSEM/CUN CAHYA

2012, Tahun Kebingungan Banyak orang bingung mau kemana dan dimana pada 2012. Orang-orang tidak tahu harus berbuat apa dan mau menuju ke mana. Hidup manusia banyak diliputi kegelapan. Gonjang-ganjing tak tahu tujuan. Itu karena sudah disinyalir oleh penyanyi Ayu Ting Ting dengan lagunya Alamat Palsu. Dengan gaya jenaka, KH Habib Umar Muthohar menyampaikan hal itu saat memberikan muidhoh hasanah dalam pengajian

Refleksi Akhir Tahun Menyambut Datangnya 2012 yang digelar Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah (Risma JT) di ruang utama sholat MAJT, Jalan Gajah Raya Semarang, di malam tahun baru kemarin. Acara dihadiri 400-an jamaah, diantaranya para anggota baru Risma JT.

Bersambung Hal 7

Suami Kembali ke Pangkuan Sunggah gembira hati Maryam (44), bukan nama sebenarnya, wanita paruh baya yang sehariharinya pekerja salon di Semarang ini. Betapa tidak, suaminya, Mahmud (47), akhirnya kembali ke pelukannya. Setelah berpisah lebih sepuluh tahun, keduanya memutuskan kembali bersama lagi. Mereka bersepakat untuk menjalani

hidup yang lebih baik dari sebelumnya. Dulu karena emosi menguasai hati Mahmud, tanpa pikir panjang ia mendaftarkan ikrar talak ke Pengadilan Agama. Waktu itu, ia termakan hasutan keluarganya agar menceraikan Maryam. Dasar hasutan kelaurga Mahmud, Maryam dianggap tidak bisa memberi keturunan. Sebab sudah lima tahun menikah tapi belum pernah hamil. Sebenarnya Mahmud tidak menggubris cemoohan kerabatnya. Namun karena terus-menerus dikoreki kupingnya, dia jadi jengah. Di saat sama dia terbakar cemburu buta. Hanya karena melihat istrinya bercengkerama dengan seorang lelaki di

salon, Mahmud terbakar hatinya. Karena itu, tanpa pikir panjang dia melangkahkan kaki ke Pengadilan Agama Kota Semarang. Meski istrinya menangis memelas, Mahmud tetap teguh pada pendiriannya. Wanita yang dinikahinya 15 itu ia pegat. Dilupakan semua kenangan indah yang pernah dirajut dengan istrinya yang penyabar itu. Dua tahun setelah perceraian mereka, Mahmud menikah lagi dengan wanita lain. Sebut saja Rosa. Namun belum genap dua tahun musibah datang. Rosa meninggal dunia saat melahirkan anak pertamanya. Faktornya pendarahan parah pasca persalinan.

Bersambung Hal 7

5

Bupati Brebes (nonaktif) Indra Kusuma terpidana korupsi pengadaan tanah untuk pembangunan pasar di Kabupaten Brebes seluas lebih dari 2000 meter persegi dalam dua tahap. Kerugian negara diperkirakan Rp 5 miliar yang dilakukan dalam APBD Tahun 2003.

Bersambung Hal 7

WONGE DHEWE Harum Hendra Winata

Karir Baru Tahun baru, berarti juga karir baru untuk mantan PR Hotel Horison Semarang ini. Mulai 9 Januari, Harum Hendra Winata akan menjabat Promotion Manager Hotel Grand Candi Semarang. “Namun lingkup pekerjaannya juga masih menangani PR juga,” ungkap alumnus Jurusan Komunikasi Universitas Semarang ini. Mengapa dia pindah kerja? Pria kelahiran 24 Agustus 1985 itu melihat potensi GCH sebagai art hotel yang punya daya saing di bidang perhotelan. “Hotel ini menjamin privacy dan ketenangan tamu serta punya standar tinggi dalam memberikan pelayanan kepada para tamu,” paparnya. (tab/rif)

HARSEM/TEGUH

lawangsewu Jurusan Jakarta KA

Berangkat

Argo Anggrek

SmgTwg

12.00

Gambir

Argo Anggrek

Smg Twg

00.00

Argo Sindoro

Smg Twg

05.30

Argo Muria

Smg Twg

Sembrani

Gumarang

Jurusan Jakarta

Datang

Kelas

KA

Berangkat

17.54

Eks

Senja Utama

Smg Twg

20.00

Gambir

05.52

Eks

Fajar Utama

Smg Twg

08.00

P Senen

Gambir

11.25

Eks

Matarmaja

Smg Pcl

00.58

P Senen

16.00

Gambir

22.03

Eks

Brantas

Smg Pcl

19.30

T Abang

Smg Twg

23.03

Jkt Kota

05.25

Eks

Kertajaya

Smg Pcl

20.46

Smg Twg

12.00

Jkt Kota

18.30

Eks Bis

Tawang Jaya

Smg Pcl

19.00

Jurusan Surabaya

Datang

Website Data Kemiskinan tak Bisa Dibuka Setelah peluncuran website data kemsikinan pada Kamis (29/12) lalu oleh Pemerintah Kota Semarang, saat ini website tersebut belum bisa dibuka. Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang Ari Purbono mengungkapkan, selama empat hari sejak diresmikannya situs resmi tersebut, banyak pihak tidak dapat membukanya. Dengan kondisi itu, ia mengeluhkan pelayanan tersebut sehingga data kemiskinan Kota Semarang tidak bisa dibuka. “Pemkot kini memiliki situs www.pemsosbudsimgakin. semarangkota.go.id. Namun, tidak bisa dibuka sehingga tidak dapat mengakses,” ungkapnya, kemarin. Ia berharap pemkot segera membenahinya karena, dari sisi alokasi anggaran, cukup besar yakni Rp 60 juta. Dengan anggaran sebesar itu, seharusnya situs resmi itu bisa cepat diakses. “Saya buka sampai siang ini (2/12-kemarin) tidak bisa. Dengan begitu, warga juga sulit mengaksesnya,” katanya. Ia mengaku sudah mengkomunikasikan persoalan itu ke pihak terkait. Tujuannya agar dapat segera terselesaikan dengan cepat. “Data kemiskinan itu kan sangat diperlukan oleh masyarakat. Itu harus segera dibenahi,” tuturnya. Keluhan senada juga diungkapkan oleh Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang Yanuar Muncar. Ia menilai pemkot belum siap menyediakan data bagi masyarakat melalui online. “Saya berharap, segera benahi situs tersebut agar semua orang bisa mengetahui soal data kemiskinan,” tegas Yanuar. (ano/jos)

KNPi Peduli Panti asuhan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jateng santuni anak-anak di Panti Asuhan Riyadlul Jannah di Jalan Jaten I RT 01/ RW 08 Kelurahan Pedurungan Tengah Kecamatan Pedurungan, kemarin. “Ini adalah salah satu bentuk kegiatan yang telah menjadi program KNPI Jateng, di antaranya kegiatan santunan sosial di panti-panti,” terang Ahmad Ridwan, MM Wakil Ketua DPD KNPI Jateng. Ia menambahkan, bantuan kepada anak-anak panti adalah kepedulian sesama. Selain itu, juga mendorong anak-anak panti agar lebih memiliki motivasi. “Bantuan KNPI kepada panti asuhan merupakan bentuk kepedulian terhadap generasi bangsa yang dibina di panti asuhan agar hidup bersemangat seperti warga lainnya,” katanya. Menurutnya, agenda Bakti Sosial Santunan Panti Asuhan ini dilaksanakan di delapan titik panti asuhan, di antaranya Demak, Kendal, Purbalingga, Pati dan di Semarang. Tidak hanya lingkup sosial, agenda kegiatan KNPI Peduli Pimpinan Hj Novianti Wijayanti ini juga merambah lingkup pendidikan, kesehatan, seni dan olahraga. “Selain berbagi di delapan panti asuhan, sebelumnya ada bedah rumah di 14 rumah warga, festival band, jalan sehat yang melibatkan 15 ribu peserta dan agenda mendatang tanggal 15 Januari 2012 adalah motor cross yang bakal dihelat di Bukit Semarang Baru (BSB),” ujarnya. Kepala Yayasan Panti Asuhan Riyadlul Jannah, Abdul Khafid menyambut positif kunjungan tersebut. “Kami senang terpilih di antara delapan panti yang lain. Selain membantu biaya pendidikan bagi santri panti, agenda semacam ini juga membentuk terjalinnya komunikasi yang baik antara KNPI dengan masyarakat, khususnya kami di panti,” katanya. (abm/jos)

woro-woro Konsolidasi Pagar Nusa Dalam rangka refleksi 27 tahun Pagar Nusa, Pimpinan Wilayah Ikatan Pencak Silat NU Pagar Nusa Jateng akan mengadakan rapat konsolidasi di aula Kantor PWNU Jateng Jalan Dr Cipto 180 Semarang, pada Sabtu (14/01) mulai pukul 08.30. Diharapkan seluruh pengurus cabang dari 35 kabupaten/kota se-Jateng hadir.

Sehat, murah bersama Carrefour CarrefoUr Srondol Banyumanik setiap hari Minggu mengadakan senam aerobik pukul 06.00 – selesai di pelataran parkir C4. Bagi pengunjung yang ingin mengikuti agenda rutin ini silahkan bergabung dan gratis.

Kelas

KA

Berangkat

Bisnis

Gumarang

Smg Twg

01.01

P Turi

14.51

Bisnis

Kertajaya

Smg Pcl

23.55

07.27

Eko

Argo Anggrek

Smg Twg

15.32

03.20

Eko

Argo Anggrek

Smg Twg

P Senen

05.10

Eko

Rajawali

P Senen

02.16

Eko

Sembrani

P Senen

03.02

2

selasa, 3 JaNUaRI 2012 selasa, 26 Oktober 2010 Jurusan Kediri

Jurusan Bandung

Datang

Kelas

KA

Berangkat

05.22

Eks Bis

Harina

Smg Twg

P Turi

04.40

Eko

P Turi

19.30

Eks

Blora Jaya

Smg Pcl

08.45

03.32

P Turi

07.30

Eks

Blora Jaya

Smg Pcl

17.00

Smg Twg

08.25

P Turi

12.50

Eks

Smg Twg

02.21

P Turi

06.34

Eks

Kelas

KA

Berangkat

16.08 04.28

Eks

Brantas

Smg Pcl

Bjnegoro

12.26

Eko

Banyubiru

Smg Pcl

05.00

Bjnegoro

20.48

Eko

Banyubiru

Smg Pcl

13.00

Datang 07.30 20.35

Bdg

Jurusan Bojonegoro

Smg Pcl

21.29

Malang

01.01

Kelas

KA

Berangkat

07.39

Eko

Kaligung

Smg Pcl

08.35

Tegal

11.33

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

17.00

Tegal

19.44

Bisnis

Solo Blpn

08.11

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

05.55

Tegal

08.45

Eko

Solo Blpn

16.11

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

13.00

Tegal

16.19

Eko

04.56

Eks Bis

Kediri

Jurusan Solo

Jurusan Jombang

Jurusan Malang Matarmaja

Jurusan Tegal

Datang

06.31

Eko

Bangunkarta

Smg Twg

22.32

Jombang

Datang

Kelas

Sumber : DAOP IV Semarang *) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Pedagang Pasar Bulu Keluhkan Lapak Oleh Prihati Puji Utami

Para pedagang Pasar Bulu mengeluhkan sempitnya lapak sementara di tempat relokasi serta adanya dugaan praktek jual beli lapak oleh oknum tertentu. Kepala Dinas Pasar Kota Semarang berjanji akan cek langsung ke lapangan.

P

eDagaNg Pasar Bulu mengeluhkan lapak ditempat relokasi yang ada di Jalan HOS Cokroaminoto dan Jayengan. Hal ini dikarenakan lapak terlalu sempit dan tidak sesuai dengan ketentuan Dinas Pasar Kota Semarang. Selain itu para pedagang juga mengeluhkan adanya praktek jual beli lapak oleh oknum tertentu sehingga ada pemilik lapak yang ternyata bukan pedagang Pasar Bulu. Berdasarkan informasi dari sejumlah pedagang, ada pedagang yang tidak mendapat jatah los namun bisa menempati los dengan membayar Rp 250 ribu.

“Saya tidak tahu uangnya ke mana?, yang pasti orang Dinas Pasar atau pemilik proyek,” kata salah satu pedagang yang enggan disebut namanya. Menurutnya, kompensasi pembayaran lapak tersebut sangat merugikan. Sebab berdasarkan ketentuan Dinas Pasar Kota Semarang tidak ada pungutan biaya pada relokasi tersebut. Sebab itu ia meminta pemkot dalam hal ini Dinas Pasar untuk memindak tegas demi rasa keadilan para pedagang. Hal serupa juga dikatakan Nanik (52) pedagang hasil bumi. Menurutnya, tidak adil jika pedagang pancakan yang tidak memiliki los di Pasar Bulu, justru kebagian

lapak di tempat relokasi sementara. Selain itu ia juga mengeluhkan luasan kios yang tidak sebanding dengan kios aslinya seluas 10 meter persegi. “Saya punya lapak 10 meter, tapi di tempat relokasi saya mendapat bagian satu meter saja. Mau masukin barang saja saya tidak bisa. Kalau memang dipotong seharusnya mendapat setengah dari lapak aslinya,” ujarnya. Luasan lapak tersebut diketahui juga tidak sesuai dengan ketentuan Dinas Pasar Kota Semarang. Di mana tiap pedagang akan mendapat lapak seluas 1x1,5 meter. Namun setelah dilakukan pengukuran pedagang sendiri, luasan lapak tidak sampai satu meter. Janji Cek langsung Kepala Dinas Pasar Kota Semarang Abdul Madjid menyatakan akan melakukan kroscek langsung ke lapangan dan memanggil Kepala Pasar dan UPTD Pasar Bulu. “Saya menjamin tidak ada bayar membayar atau jual beli lapak ke staf

Dinas Pasar. Tapi saya akan tetap cek ke lapangan untuk memastikan kebenaran praktik ini (jual beli lapak-red). Saya akan kumpulkan semua petugas baik kepala pasar, UPTD, dan staf dinas pasar,” tegasnya. Jika nantinya terbukti ada penyimpangan, pihaknya akan bertindak tegas dengan menarik kepala pasar dan oknum dinas pasar yang terlibat dalam praktek jual beli lapak tersebut. Sedangkan terkait luasan los ia mengatakan, pembangunan los sementara ditangani pihak kontraktor. Meski demikian, pihaknya tetap akan melakukan pengecekan luasan lapak apakah memang terjadi penyempitan sesuai ketentuan. “Bisa jadi itu memang sudah sesuai, mungkin pedagang ngukurnya bagian dalam jadi ukurannya berkurang. Ukuran 1x1,5 meter itu sudah termasuk titik pemasangan kerangka kios. Seperti kalau kita beli tanah ukuran 16x9 meter, setelah dibangun rumah kalau diukur dari dalam rumah ya tidak akan seluas itu,” ujarnya. (jos)

HARSEM/CUN CAHYA

Pesta Kembang Api dan Musik Dangdut

Malam pergantian tahun diperingati di berbagai tempat. Di Kompleks PRPP Jateng, Tawangmas, juga berlangsung pesta kembang api yang dimulai tepat pukul 00.00 WIB.. Ribuan penonton hadir menikmati. Mereka tidak beranjak sampai menjelang pagi. Apalagi ada hiburan panggung musik dangdut yang menampilkan OM Laba-Laba.

Penerangan Jalan Harus Diperhatikan SaraNa dan prasarana di wilayah pinggiran atau pengembangan masih membutuhkan perhatian. Seperti halnya di Kampung Mayangsari, Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan. Di mana, wilayah tersebut hingga kini minim penerangan jalan. Menurut Ketua RW 2 Kampung Mayangsari, Kelurahan Kalipancur, Suparno, warga saat ini membutuhkan adanya penerangan lampu jalan. Pasalnya, hingga saat ini lampu penerangan jalan di kampungnya sangat

minim. “Kami tiap bulan membayar pajak penerangan jalan, namun kami belum bisa menikmati lampu penerangan jalan umum, kami minta pemkot turun tangan,” ujarnya di depan anggota Komisi C DPRD Kota Semarang Wachid Nurmiyanto, saat reses kemarin. Reses yang berlangsung dibalai RW 1 itu dihadiri segenap perwakilan pengurus RT dan RW se-Kelurahan Kalipancur. Suparno menambahkan minimnya penerangan jalan sudah dirasakan sejak

dari daerah Sam Poo Kong menuju kampungnya. Kondisinya makin parah selepas terowongan tol menuju kampung Mayangsari. “Di kawasan itu nyaris tidak ada penerangan jalan umum, kalaupun ada, lebih banyak lampu penerangan swadaya masyarakat,” ujarnya. Menanggapi hal itu Anggota Komisi C DPRD Kota Semarang Wachid Nurmiyanto mengatakan, apa yang disampaikan warga merupakan aspirasi yang wajib diperjuangkan. “Saya sepakat dengan

warga, bahwa wilayah pengembangan harus diperhatikan, seperti lampu penerangan jalan, saya kira harus segera dipasang,” ujarnya. Ia menambahkan, anggaran pemkot sepanjang 2011 banyak dialokasikan untuk penataan wajah kota. Namun dengan komitmen bersama antara Walikota dengan DPRD Kota Semarang sudah ada kesepakatan untuk mengalokasikan anggaran infrastruktur yang lebih besar lagi bagi daerah pengembangan di tahun ini. (pru/jos)

Pemkot Diminta Segera Launching RPU PemeriNtah Kota Semarang diminta untuk segera me-launching/membuka Rumah Pemotongan Unggas (RPU) Penggaron. Menurut anggota Komisi B DPRD Kota Semarang Kholison, setelah dibuka dan dioperasikan RPU penggaron, diharapkan masyarakat mengetahui keberadaaan pasar dan tempat pemotongan resmi unggas yang baru. “Kenapa tidak dilakukan launching saja?

Lapangan Simpanglima saja di-launching, masak pasar ayam bagi masyarakat umum nggak bisa dilakukan hal yang sama,” katanya, kemarin. Ia menambahkan, sosialisasi atas dibukanya RPU Penggaron bisa dilakukan melalui media massa sehingga diharapkan mampu menarik animo masyarakat Kota Semarang maupun luar kota. “Kalau launching itu bisa dikerjakan dengan benar, maka gaungnya pun tidak hanya dirasakan

oleh masyarakat di Kota Semarang saja,” ujarnya. Disamping itu, ia memastikan, para pedagang yang sudah menetap di RPU tidak akan berpaling atau pindah ke Pasindra (Pasar Induk Raharja) Kaligawe yang tidak layak sebagai tempat pemotongan unggas. “Itu merupakan salah satu cara agar pedagang tidak lari dari RPU,” tegasnya. Menanggapi soal masih adanya pedagang unggas yang berada di Pasindra, Kepala

Dinas Pasar Abdul Madjid dalam rapat dengan Komisi B DPRD Kota Semarang belum lama ini menyatakan, permasalahan Pasindra dan usaha pemotongan unggas di sejumlah tempat sudah diserahkan kepada penegak Perda yakni Satpol PP Kota Semarang. “Masalah itu sudah saya sampaikan pada penegak perda. Kalau sampai saat ini belum ada penindakan, saya tidak bisa berkomentar banyak,” kata Madjid. (ano/jos)

Pengurus FKUB GM Jateng Dilantik WaKil Gubernur Jateng Rustriningsih mengingatkan generasi muda untuk menjaga kerukunan antarumat beragama agar tercipta suasana yang guyub, dan harmonis. Hal ini disampaikan Rustriningsih saat melantik pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama Generasi Muda (FKUB GM) Jateng di Semarang,

pekan lalu. Rustri meminta pengurus FKUB GM Jateng membangun terus komunikasi lintas agama. “Fasilitasi aspirasi umat dengan baik dan sosialisasikan kebijakan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama,” ujarnya. Rustri berharap FKUB GM menjadi

pionir dalam kehidupan sosial, dengan program pemberdayaan masyarakat dalam aktivitas yang positif seperti bhakti lingkungan, peduli korban bencana, dan pelatihan kerja. Pelantikan pengurus FKUB GM Jateng disaksikan utusan FKUB kabupaten/kota se-Jateng dan pejabat Kantor Kanwil Kemenag Jateng.

Pengurus terdiri atas Ketua Imam Fadhilah (Islam), Wakil Ketua Iqbal Birsyada (Islam), Wakil Ketua Pdt Timotius Setyanto (Kristen), Sekretaris Titus Bayu Santoso (Katholik), Sekretaris II Chandra Purnama Sari (Budha), Bendahara Eko Pujianto (Hindu) Bendahara II Giyanto Wijaya Salim (Kong Hu Chu). (moi/jos)

Pemimpin Umum/Pjs Pemimpin Redaksi: Andy Suwanto Dewan Redaksi: H Noor Achmad, Iwan Haryanto, Arief Mudzakir, Andy Suwanto, Redaktur Pelaksana: Saefudin, Sugayo Jawama Litbang: Iriyanto Redaktur: Arief Firhanusa, Bagus Panji Buana, Dwi NR, Panji Joko Satrio, Puji Joko Sulistyo, Sardi AK, Teguh Argari Bisono, Tri Wuryono Koordinator Liputan: Poltak Sinaga Wartawan: Abdul Mughis, Ariel Noviandri, Aris Wasita Widiastuti, Hery Priyono, Lissa Febrina, Mohammad Ichwan, Nur Hidayat, Prihati Puji Utami, Sokhibun Ni’am, Wara Merdekawati, Wikha Setiawan, Wiwig Prayugi Kontributor: Nino Adisumarto (Ungaran), Sukma Wijaya (Demak), Heru Santoso (Salatiga) Pewarta Foto: Cun Cahya, Indra Prabawa Desain dan Lay Out: Anton Sujarwadi, Prasetya Widodo, Muhammad Fatoni, Ajie Mahendra, Omegantoro Anggraito Penerbit: PT Semesta Media Pratama Berdiri sejak Pendiri Pemimpin Umum Wakil Pemimpin Umum

: : : :

10 Agustus 2009 H Suwanto, SE, MM

Andy Suwanto, MBA

Pemimpin Perusahaan: Andy Suwanto, MBA Direktur Utama: Iwan Haryanto Keuangan: Dwi Arum Dhati (Manajer), Mulyono, Septiyarini Aksari Distribusi & Sirkulasi: Much Lukman, G Hendra, Aries Kunarto, Ririn Setyowati Promosi dan Iklan: Dyah Purnasari General Affair: Viddy Yusafiadi Alamat Redaksi: Jl KH Wahid Hasyim (Kranggan) 125-127 Ruko A1 Floor 1-3 Semarang Telp: 024-3512771, Fax. 024-3516531 Iklan dan Sirkulasi: 024-3518359 E-mail: redaksi@hariansemarang.com, harian.semarang@ yahoo.com Website: www.hariansemarang.com

Nugroho PS

Wartawan Harian Semarang selalu dibekali tanda pengenal dan dilarang menerima atau meminta sesuatu dari narasumber

AYO MBANGUN KUTHO Soal Proyek Galian C

lakone

Pengembang Tanggapi Keluhan Warga Oleh Lissa Febrina Warga Meteseh kini bisa bernapas lega setelah pengembang berjanji melakukan pembenahan atas dampak dari galian C proyek medan latihan AD. Ketua RT 01/RW 04 Karanganyar Gunung

Didukung Pengalaman Kerja SUDAH menjadi tugasnya seorang ketua RT harus memahami karakter warganya. Selain itu siap menerima aspirasi warga demi kemajuan wilayahnya. Inilah yang menjadi prinsip utama Yunanto Susilo, Ketua RT 01/RW 04 Kelurahan Karanganyar Gunung, Kecamatan Candisari. “Tugas dan kewajiban jadi ketua RT memang tidak pernah saya lupakan. Dekat dengan warga dan memahami karakter mereka memang terus kami lakukan,” ucapnya. Menurutnya, selama tenaga dan pikirannya dibutuhkan, dirinya siap dan bersedia menjadi ketua RT. Karena kepercayaan warga merupakan modal utama untuk bisa menjadi panutan warga. “Saya memang sangat senang mendapatkan kepercayaan dari warga. Ini memang butuh proses dan didukung dengan pengalaman kerja di tempat lain,” jelasnya. Diakuinya, kebetulan dirinya juga sebagai pegawai gereja, sehingga perannya sebagai ketua RT di wilayahnya juga bisa terbantu. Pengalamannya bekerja di gereja karena juga bertemu dengan banyak orang. “Saya memang terbantu dari pengalaman kerja di gereja dengan para jemaat. Begitu juga menjadi ketua RT, saya juga belajar ngemong dengan warga,” terangnya. Yunanto menuturkan, masa jabatannya sebagai ketua RT akan segera habis dan akan dilakukan pemilihan ketua RT periode berikutnya. “Malam nanti saya akan membacakan laporan pertanggungjawaban selama saya bertugas dan akan diadakan kembali pemilihan ketua yang baru,” jelasnya. Dia berharap pengganti dirinya dapat melanjutkan programnya yang belum terealisasi. “Misalnya akses jalan di wilayah RT 01/RW 04 yang masih sempit,” harapnya. (wam/gus)

D

kedua pengembang yang melakukan penambangan, yakni PT Adhi Karya dan Pengembang Graha Estetika, yang juga dihadiri Muspika, BLH dan BPPT. Haryono, pengawas lapangan pengembang Graha Etetika menyatakan, kesepakatan tersebut akan segera dilaksanakan. ”Dalam minggu ini semua akan kita laksanakan. Kalau untuk penambahan pekerja kebersihan besok bisa langsung kami lakukan,” ujarnya. Terpisah, Camat Tembalang, Pravarta Sadman mengatakan, sedikitnya ada tujuh

UA pengembang bukit galian C untuk proyek medan latihan TNI AD di Kelurahan Meteseh yang dikeluhkan warga menyatakan siap melakukan pembenahan. Mereka sepakat untuk mengurangi dampak polusi debu akibat aktivitas mereka terutama truk pengangkut padas. Kesepakatan tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi yang digelar di Kantor Kecamatan Tembalang, belum lama ini. Dalam rapat tersebut hadir dari

poin yang menjadi kesepakatan bersama dalam rangka untuk mengurangi dampak lingkungan yang terjadi akibat penggalian tanah tersebut. “Kita sudah duduk bersama untuk mencari solusi mengenai keluhan warga. Karena dampak lingkungan yang disebabkan oleh galian tersebut sangat mengganggu,” ujarnya didampingi Kasi Trantibum, Trijati Poedjo. Menurutnya, untuk mengurangi dampak debu dan jalanan licin, disepakati oleh kedua perusahaan bahwa akan dilakukan pembersihan truk sebelum keluar dari area penambangan. Pembersihan dilakukan dengan cara dibuatkan kubangan air sebelum pintu keluar untuk mencuci ban truk. Kemudian, katanya, setelah itu bagian bawah truk disemprot air bertekanan tinggi. Kemudian, pada pintu keluar

dimakadam dengan menggunakan sirtu. “Selain itu, truk juga kami minta harus ada penutupnya supaya debu tidak berterbangan,” jelasnya. Ditambahkan, kedua pengembang juga sepakat akan menambah jumlah pekerja kebersihan yang bertugas menyapu jalan dan pembuatan saluran air di pinggir jalan. Sehingga ketika ada penyemprotan jalan air langsung mengalir ke selokan. ”Sekarang ini air tidak ada salurannya sehingga kalau ada penyiraman justru menjadikan jalan licin,” ujarnya. Pravarta mengaku, kesepakan tersebut dibuat dengan harapan warga tidak lagi mengeluhkan akibat debu dan jalan licin. ”Keluhan warga sudah sangat banyak, dan jika tidak segera ditangani kami khawatir warga meluapkan kemarahannya,” tandasnya. (gus)

Berkat Kekompakan Warga

Gapura Banowati Tengah I Terwujud BULU LOR-DI penghujung Tahun Baru 2011 ini, warga Banowati Tengah I RT 06/RW 05 Kelurahan Bulu Lor memiliki gapura baru. Peresmiannya pun digelar saat perayaan malam tahun baru, kemarin. Dalam peresmian gapura tersebut juga hadir Camat Semarang Utara, Djaka Sukawijana dan Lurah Bulu Lor, Sri Setyanto. Tak lupa Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, LPMK, BKM, PKK, Karang Taruna, warga dan tamu undangan lainnya juga hadir. Ketua RT 06/RW 05 Kliwon Adisuwarno mengatakan, pembangunan gapura sebenarnya sudah menjadi keinginan warga sejak dahulu. Berkat kekompakan dan swadaya masyarakat, gapura bisa terwujud. “Alhamdulillah, sekarang gapuranya sudah terealisasi setelah kurang lebih sebulan warga bergotong-royong membangun gapura,” ujarnya. Menurutnya, ini pertama kali warga Banowati Tengah I memiliki gapura. Karena mereka sudah lama mendambakan bisa memiliki gapura seperti kampung lain. “Kami semua senang karena gapura tersebut sudah diresmikan langsung oleh Pak Camat Semarang

Kelurahan Berbenah Sambut Adipura sering mendapatkan penilaian. Lurah Tambakaji, Agus Muryanto mengatakan, kegiatan kerja bakti sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh perangkat kelurahan. Namun, masyarakat juga perlu dilibatkan untuk menjalin kekompakan. “Kalau kami bersama warga pasti bersama dan kompak menyisir jalan-jalan protokol yang menjadi titik pantau Adipura. Selain itu fokus kebersaihan juga di saluran, sampah, dan pemotongan pohon yang sudah tua,” ujarnya. Ditambahkan, Jumat pagi merupakan waktu yang efektif untuk perangkat kelurahan yang ada di Semarang. Karena sudah menjadikan tradisi dan kebiasaan pemerintah. “Kalau hari-hari biasa mulai SeninKamis pelayanan sangat sibuk. Namun usai kerja bakti hari Jumat, pelayanan juga masih bisa dilanjutkan HARSEM/LISSA FEBRINA meski waktunya Perangkat Kelurahan Tambakaji saat membersihkan rumput di jalan- sangat terbatas,” jalan protokol tambahnya. (lif/gus) TAMBAKAJI-Penilaian Adipura tahap pertama (P1) sudah berlalu. Saatnya memasuki penilaian tahap dua (P2) di awal 2012 ini dan tim juri dari pusat seperti biasa juga akan melakukan penilaian kembali. Menghadapi penilaian tahap kedua, Kelurahan Tambakaji, Kecamatan Ngaliyan secara konsisten akan giat melakukan kerja bakti kembali. Setiap Jumat pagi usai apel gabungan di Kecamatan Ngaliyan, seluruh perangkat langsung turun ke lapangan, seperti di Jalan Prof Hamka yang

Utara,” ucapnya. Dikatakan, untuk mewujudkan pembangunan gapura ini warga rutin swadaya melalui jimpitan setiap minggunya Rp 1.000. Selain itu juga ada bantuan pemkot. “Gapura ini kami desain sebagus mungkin agar Kampung Banowati makin dikenal. Karena Banowati juga terkait nama tokoh pewayangan wanita yang sudah banyak dikenal masyarakat,” lanjutnya. Camat Semarang Utara, Djaka Sukawijana membenarkan, pembangunan gapura tersebut bantuan dari pemkot dan swadaya warga. Ini perlu dicontoh dan sebagai bukti skebersamaan dan kegotong-royongan masyarakat dalam membangun wilayah cukup kuat “Dengan adanya gapura ini sekailigus merupakan identitas wilayah RT 06/RW 05. Gapura juga dapat mempermudah orang lain mencari alamat di wilayah tersebut,” jelasnya. Lurah Bulu Lor, Sri Setyanto mengaku senang dan bangga dengan kebersamaan warga dalam membangun wilayah. “Ini bukti nyata di mana masih banyak warga yang peduli dengan wilayahnya,” ujarnya. (lif/gus)

HARSEM/LISSA FEBRINA

Camat Djaka Sukawijana tengah menggunting pita saat peresmian gapura RT 06/RW 05 Banowati Tengah I, Bulu Lor

Karang Taruna Bentuk Tim Siaga DB mereka juga mengikuti pelatihan fogging yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota Semarang. Para anggota tim yang disiapkan tersebut, dilatih bagaimana cara menggunakan alat fogging. Sehingga jika terjadi wabah DB di wilayahnya, mereka bisa segera melakukan fogging. Selain fogging, katanya, tim siaga DB juga memotivasi warga di Kecamatan Semarang Utara untuk ber-perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Dan juga menggerakkan warga untuk tetap melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) sebagai langkah efektif untuk menekan jumlah penderita DB. “Bersama karang taruna, kita mengajak warga untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. Karena lingkungan yang bersih tentunya masyarakat yang berada di dalamnya akan sehat pula,” ungkapnya. (wam/gus)

HARSEM/WARA MERDEKAWATI

Yunanto Susilo

3

SELASA, 3 Januari 2012

Kera Liar Rusak Tanaman

Karang Taruna Semarang Utara saat mengikuti pelatihan fogging yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota Semarang SEMARANG UTARA-Prihatin karena banyak penderita demam berdarah (DB) di Kota Semarang pada tahun lalu. Karang Taruna Semarang Utara kemarin membentuk tim siaga demam berdarah. Hal ini juga dilakukan sebagai upaya untuk menekan jumlah penderita demam berdarah di wilayah Kecamatan Semarang Utara. Apalagi wilayahnya notabene terjadi banjir dan rob sering jadi sarang nyamuk. Ketua Karang Taruna Kecamatan Semarang Utara, Budi Santoso mengatakan, tim siaga demam berdarah ini dibentuk agar tidak ada penderita DB di wilayah Semarang Utara. “Ini dibentuk sebagai kepedulian kami agar di wilayah Semarang Utara bebas penderita DB,” katanya. Tim yang terdiri dari anggota karang taruna Kecamatan Semarang Utara tersebut yang mayoritas masih remaja. Beberapa waktu lalu

HARSEM/DOK

HARSEM/DOK

Halaman ini khusus disediakan bagi warga masyarakat, lembaga instansi pemerintahan dan swasta, lembaga sosial kemasyarakatan, lembaga keagamaan. Silakan kirimkan foto-foto kegiatan yang bernilai berita ke redaksi. Foto harap disertai keterangan singkat dan dapat langsung dikirimkan ke redaksi maupun via email: harian.semarang@yahoo.com. Redaksi akan memuat tanpa memungut biaya.

Terkait kepeduliannya kepada warga kurang mampu, Camat Ngaliyan Bambang Kunhantiyo beberapa waktu lalu memberikan bantuan tali asih kepada anak yatim di aula kecamatan

Perwakilan Forum Komunikasi Modin (FKM) Kota Semarang belum lama ini melakukan rapat koordinasi di Sekretariat Jalan Batursari RW 09 Sawah Besar sekaligus membahas nasib mereka

PATEMON-Warga Kelurahan Patemon, Kecamatan Gunungpati mengeluhkan keberadaan kera liar yang sering muncul di wilayah mereka. Pasalnya, kera-kera tersebut sering merusak dan mengambil tanaman jenis buah milik warga sekitar. Kepada Harsem, para warga yang umumnya petani terpaksa harus dua kali kerja dalam berkebun. Selain sibuk menanam juga berjaga-jaga akan datangnya kera liar tersebut. Dalam melakukan aksinya puluhan kera tersebut mengambil buah dan memakan dedaunan yang masih muda, sehingga tanaman yang seharusnya bisa dipanen tidak bisa dipetik karena telah rusak. “Bahkan kalau lahan ditanami ketela pohon, maka ketela pohonnya diambil dan dimakan,” ungkap Munawar, Ketua Kelompok Tani Sumber Rejeki. Munawar mengatakan, untuk mensiasatinya saat ini para petani beralih menanam tanaman yang tidak disenangi oleh binatang kera, di antaranya seperti tanaman boros dan tanaman gemili. “Tanaman itu tidak disukai oleh kera karena ketika dimakan rasanya pahit,” ungkapnya. Menurutnya, selama ini para petani banyak yang menanam ketela pohon atau kimpul. Karena tanaman tersebut sangat diminati oleh binatang kera. “Apalagi kalau ada petani yang menanam pohon ace dan nangka, mereka harus semakin bekerja ekstra keras. Karena harus menjaga kebunnya hingga menjelang malam,” jelasnya. Lurah Patemon, Nujuludin Anto membenarkan, memang kera tersebut tidak mengamuk tetapi merusak tanaman milik petani. Sehingga tanaman milik petani yang semula dapat dipanen menjadi batal panen. “Kera itu sebenarnya takut ketika diusir oleh manusia. Untuk itu perlu ada pengamanan yang ektra dari petani,” katanya. Dikatakan, di wilayahnya terdapat lahan bengkok yang tidak produktif yang luasnya mencapai tujuh hektar. Semua itu dikelola oleh dua kelompok tani, yakni Kelompok Tani Sumber Rejeki I dan Sumber Rejeki II yang masing-masing kelompoknya berjumlah 14 dan 15 orang. (lif/gus)

desakundi

SELASA, Januari 2012 senin, 223 Agustus 2011

demak salatiga kendal ungaran purwodadi n

n

n

n

Banjir 1,5 Meter, Ratusan Rumah Tergenang Oleh Sukma Wijaya

Banjir di Kecamatan Karangawen Demak menenggelamkan ratusan rumah. Warga yang rumahnya kebanjiran mengungsi ke masjid dan TPQ.

H MI & BISNIS

UJAN deras merata terjadi di Kabupaten Semarang, Grobogan, dan Demak, Minggu malam lalu (1/1), berakibat banjir menggulung Kecamatan Karangawen. Kendati sebagian tanggul sudah

diperbaiki, arus sungai tak mau kompromi, air terus menggilas ratusan pemukiman. Bahkan, banjir memaksa sebagian warga harus mengungsi. Banjir masih menyambangi tiga desa di

Sejumlah pejabat meninjau lokasi bencana

DAK Tiga Tahun Dilelang Keroyokan DemAK-Proyek dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk peningkatan mutu pendidikan selama tiga tahun, yaitu tahun 2010, 2011, dan 2012, akan dilelang secara bersamaan. Nilai proyek sebesar Rp 100 miliar akan dilelang oleh Dindikpora (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga) di awal tahun 2012 ini. Di hadapan wartawan Kepala Dindikpora HM Afhan Noor, mengatakan proyek miliaran rupiah itu untuk kegiatan fisik dan non fisik, sebagai penunjang bidang pendidikan. “Kami telah menyiapkan lelang dari proyek DAK di awal atau pertengahan tahun ini,” ujar Kepala Dindikpora HM Afhan Noor, kemarin. Proyek tersebut mencakup rehabilitasi gedung, pengadaan buku dan alat peraga hingga peningkatan mutu pendidikan sekolah, jumlahnya pun cukup besar lantaran dari gabungungan pelaksanaan proyek tahun 2010, 2011, serta 2012. Hal tersebut terjadi, akibat molornya pelaksanaan proyek DAK tahun 2010 senilai Rp 25 miliar, dan baru bisa dilaksanakan setelah turunnya petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan lelang, karenanya anggaran menjadi tidak terserap sepenuhnya, demikian halnya dengan proyek DAK tahun 2011, senilai hampir Rp 34 miliar, dan proyek DAK tahun 2012 sebesar Rp 50 miliar, atau seluruh dana DAK yang belum terserap mencapai Rp 100 miliar, sehingga harus dilaksanakan lelang pada tahun 2012. (swi/nji)

Banyak PNS Keluyuran SALATIGA–Banyaknya pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Salatiga yang meninggalkan jam kerja atau keluyuran akhir-akhir ini, hal ini harus segera disikapi dengan tegas dan bijaksana. Pasalnya, keluarnya PNS dari lingkungan kantornya itu pasti banyak alasan, kalau alasan ada tugas dari kantornya hal itu tidak menjadikan masalah. Tetapi, jika sengaja keluyuran untuk mencari kesibukan, itu perlu mendapatkan kejelasan akan alasan tersebut. Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM mengatakan, dalam menyikapi banyaknya PNS yang keluyuran dalam jam kerjanya, pihaknya akan memberlakukan apel pagi dan apel sore. Dari apel ini, akan kelihatan berapa PNS yang sering meninggalkan jam kerja. Selain itu, pihaknya akan secepatnya mengoptimalkan peran dari Satpol PP untuk melakukan operasi atau razia terhadap PNS yang suka keluyuran tersebut. “Menyikapi banyaknya PNS yang keluyuran pada jam kerja, maka peran Satpol PP perlu untuk difungsikan. Bahkan, fungsinya itu akan lebih dioptimalkan, salah satunya dengan melakukan razia khusus PNS pada tempat-tempat tertentu misalkan pada mal-mal, swalayan, maupun pusat keramaian yang lain,” jelas Yuliyanto ketika ditemui Harsem, Senin (2/1) kemarin. Menurut Yuliyanto, sejak menjabat Walikota Salatiga, pihaknya belum pernah mendapatkan laporan atau informasi jika banyak PNS yang meninggalkan jam kerja atau keluyuran diluar dinas kantor. (hes/nji)

HARSEM/SUKMA WIJAYA

ENGAH

kecamatan karangawen, yaitu Desa Jragung, Rejosari, dan Sidorejo. Titik genangan air terparah di Desa Rejosari. Akibat belum adan perbaikan tanggul yang jebol, di Dukuh Rimbukidul dan Dukuh Wangun, air sungai langsung masuk ke perkampungan dan sawah, sampai pukul 11.00, Senin (2/1), ketinggian air di pemukiman warga dari 50 cm sampai 1,5 meter. Akibat banjir, sedikitnya 169 rumah warga Rejosari terendam, genangan air di areal persawahan makin meluas sampai 50 hektar. Sementara tanggul sungai Cabean di wilayah Dukuh Pating jebol sepanjang 40 meter semakin melebar, di Dukuh Wangun tanggul kanan dan kiri jebol melebar menjadi 30 meter, dan di Dukuh Rimbukidul juga leber sepanjang 60 meter. “Banjir di dukuh Cabean tengah Desa Sidorejo, akibat limpasan air dari Dukuh Wangun, puluhan warga banyak yang mengungsi, karena tergenang, sejumlah sekolah diliburkan sementara,” aku Ulu-ulu dukuh Cabean Desa Sidorejo, Haryanto, kemarin. Sejumlah perempuan mengungsi di TPQ Lanjutnya, banjir terparah di Dukuh Cabean kidul kedalaman mencapai 1,5 meter, sebagain warga mengungsi membanjiri pemukiman dan sawah, namun kal di Masjid Cabean dan di TPQ (Taman ini kedalaman banjir hanya 50 cm, tetapi 881 Pendidikan Al Qur’an) Nurul Hikmah Dukuh rumah, 134 hektar tanaman Jagung dan 214 Cabean. Setelah banjir meredah warga mulai hektar tanaman padi, terendam. menengok rumahnya dan membersihkan lumpur “Untuk banjir di desa Jragung, menggenangi yang masuk. 66 rumah lebih, dan merusak 30 hektar tanaman Ketika meninjau lokasi banjir, bersama padi,” kata Yulianto. Kepala Dinsosnakertrans, Agus Nugroho LP, Tambahnya, kondisi banjir di Jagung akan Camat Karangawen, Yulianto mengatakan, terus meluas, karena tanggul jebol di sungai kendati tanggul sungai Cabean di wilayah Dukuh Singopadu Desa Sidorejo sudah ditrucuk (tanggul Jragung kawasan Dukuh Ngrasak sepanjang 100 meter, dan tanggul kiri di wilayah Dukuh Krajan dengan bambu dan gedeg), limpasan air masih

sepanjang 50 meter, belum ada perbaikan, bahkan tanggul menjadi longsor lebih dari 1 km. Setelah memantau banjir langsung ke lokasi bencana, Agus Nugroho berjanji akan membantu menyampaikan laporan ke Pemprov agar Karangawen mendapat perhatian dari Balai Besar Wilayah Sungai Pamali Juana. “Selain itu kami akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD), untuk mengirim bantuan sembako,” akunya. (nji)

Kecamatan Terapkan Lima Hari Kerja SALATIGA–Sistem lima hari kerja yang selama ini telah berlaku di lingkungan Pemkot Salatiga dan belum dilakukan kecamatan, mulai Januari 2012 ini akan diberlakukan yang sama di lingkungan empat kecamatan. Harapannya, pelayanan publik (masyarakat) di masingmasing kecamatan dilaksanakan selama lima hari. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga Drs Agus Rudianto MM mengatakan, kebijakan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 68 Tahun 1995 tentang Hari Kerja di Lingkungan Lembaga Pemerintah. Dasar lain adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen-PAN dan RB) Nomor : PER/87/M.PAN/8/2005 tentang Pedoman Peningkatan Pelaksanaan Efisiensi Penghematan dan Disiplin Kerja. Serta Keputusan Walikota Salatiga No: 061.2/281/2001 tentang Pengaturan Hari dan Kerja Instansi di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga. “Surat edaran berisi keputusan lima hari kerja itu telah kami kirimkan kepada seluruh camat di Kota Salatiga, yaitu Kecamatan Sidomukti, Tingkir, Argomulyo dan Sidorejo. Untuk itu, kepada para camat dapat secepatnya melakukan sosialisasi atas kebijakan ini kepada masyarakat, agar lima hari kerja di lingkungan kecamatan bisa segera diterapkan,” jelas Agus Rudianto, yang juga mantan Camat Sidomukti, kemarin.

Menurut Sekda, dalam penerapan lima hari kerja di masing-masing kecamatan ini bertujuan untuk meningkatkan etos kerja dan produktivitas kerja pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan kecamatan. Juga dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat. Disebutkan dalam surat edaran kepada para Camat dengan nomor : 800/1824/203, tertanggal 27 Desember 2011, tentang pemberlakuan lima hari kerja, dijelaskan bahwa pelaksanannya adalah pelayanan publik pada Senin – Kamis akan dilayani mulai jam 07.00 hingga 15.30 WIB, hari Jumat dilayani mulai jam 07.00 hingga 11.00 WIB serta hari Sabtu adalah libur. Sementara, Kabag Humas Pemkot Salatiga Dra. Gati Setiti MHum menambahkan, bahwa penerapan kebijakan lima hari kerja di Kantor Kecamatan masih harus menunggu SK Walikota Salatiga tentang Pengaturan Hari dan Kerja Satuan Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemkot Salatiga 2012. Diharapkan pada Januari ini kebijakan tersebut sudah diterapkan. “Penerapan lima hari kerja di lingkungan kantor kecamatan ini merupakan salah satu upaya yang Pemkot Salatiga untuk mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat. Prinsipnya, komitmen Pemkot Salatiga dapat memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat,” tandas mantan Sekretaris Dishubkombudpar kepada Harsem, Senin (2/1) kemarin.(hes/nji)

Polisi mencari miras yang diduga disembunyikan di gudang HARSEM/SUKMA WIJAYA

Tahun Baru, Polisi Panen miras DemAK-Seusai upacara kenaikan pangkat bagi puluhan Polisi, Sabtu pagi (31/12), Polres Demak menggelar razia minuman keras (Miras) besar-besaran. Razia yang dimulai pukul 10.00 sampai pukul 11.30 dilakukan secara serentak di 14 wilayah Polsek. Kendati ratusan polisi merazia, namun sebagian masih waspada neg-PAM di 40 gereja. Sedikitnya 552 personel polisi, turun di jalan, mereka keluar masuk warung, kios, toko besar atau gudang-gudang di pinggir jalan dan pelosok-pelosok desa. Menurut Kapolres, AKBP Sigit Widodo, pihaknya sengnaja menggelar razia Miras, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerusuhan saat menyambut pergantian tahun, “Kami tidak mau kecolongan, adanya kerusuhan yang terpicu oleh minuman keras,” katanya didampingi Kasubag Humas AKP Sutomo, Kasat Sabhara AKP Sugiyono, dan Kasat Narkoba AKP Arifin, di Mapolres

Demak. AKP Sutomo menambahkan. Dalam merazia hari ini (Sabtu, red), Polisi berhasil menyita 36 botol kecil congyang, 5 botol besar congyang, 6 botol anggur merah, 8 botol arak putih, serta ratusan liter minuman oplosan. Dalam sehari ini hasil sitaan di 14 kecamatan langsung dikirim ke Polres. “Kendati pagi hari sudah merazia, namun Sat Narkoba akan merazia sejumlah titik target narkoba, menjelang malam pergantian tahun,” tegas AKP Sutomo. Sebelum seluruh personel merazia miras, Polres menggelar dulu upacara kenaikan pangkat, sedikitnya 78 anggota polisi meneria kenaikan pangkat berkat prestasi yang diraihnya, enam di antaranya kenaikan pangkat diterima oleh perwira, di antaranya Kasat Reskrim Iptu Pradana Aditya Nugraha menerima kenaikan pangkat menjadi AKP, Kapolsek Kota Ipda Fatah Yasin menerima kenaikan pangkat menjadi Iptu, dan lainnya.

(swi/nji)

Dindukcapil Sumbang PAD Rp 2 M

SOTK Baru Segera Dilantik UNGARAN-Bupati Semarang Mundjirin akan segera melakukan pelantikan terhadap susunan struktur organisasi tata kerja (SOTK) baru. Rencananya pelantikan akan dilaksanakan setelah adanya tandatangan persetujuan dari Gubernur, utamana terkait jabatan eselon II. “Jika besok pagi (hari ini, red)) Gubernur memberi menandatangani persetujuan terkait jabatan eselon II, maka siangnya segera dilakukan pelantikan. Tapi belum pasti, solanya sampai sore ini saya masih menunggu tandatangan gubernur. Jadi saya belum bisa pastikan kapan pelantikan dilaksanakan. Saya berharap secepatnya dalam pekan ini,” kata mundjirin, kemarin saat dikonfirmasi wartawan. Berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, saat ini sejumlah kabupaten masih mengantre persetujuan Gubernur di Pemprov. Sementara, Kabupaten Semarang berada di urutan ke 14. Terkait nama dan jabatan yang bakal terlibat dalam pelantikan SOTK baru nanti, Mundjirin terkesan enggan menyebutkan, dengan alasan tidak hafal secara detilnya. Demikian halnya dengan nama calon Sekda definitif. “Maaf saya tidak hafal karena banyak melibatkan nama dan jabatan dalam pelantikan nanti,” ujarnya. (ino/nji)

HARSEM/SUKMA WIJAYA

Menjelang akhir tahun 2011, pemohon KTP meningkat tajam HARSEM/SUKMA WIJAYA

DemAK-Kendati kepengurusan KTP gratis, namun Dindukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) mampu menyumbang PAD (Pendapatan

Asli Daerah) sampai Rp.2 miliar atau 570 persen dari nilai target yang dibebankan. Menyusul keberhasilan ini, Dindukcapil akan memberlakukan

e-KTP di awal tahun 2012. Bukan sebuah pekerjaan yang gampang bagi suatu SKPD (satuan kerja perangkat daerah) bisa menyumbang PAD hingga milyaran rupiah melebihi target Rp. 350 juta, apalagi sebagian produknya telah digratiskan. Tentunya ada produkproduk lain yang ditawarkan dengan jumlah besar. “Memang kepengurusan KTP gratis, tapi untuk memenuhi target PAD, kami menggalinya dari biaya-biaya denda keterlambatan, dan surat pindah,” jelas Kepala Dindukcapil, H Efendi kepada Harsem, Jumat kemarin (30/12). Lanjutnya, setelah dikabarkan mulai tahun 2012, ada peningkatan nominal denda yang sangat akan dibebankan bagi keterlambatan kepengurusan KTP, KK dan Akte Kelahiran melalui sidang PN (Pengadilan Negeri), maka hampir semua warga Demak segera mengurus surat-surat kependudukannya. Setelah Pemkab berhasil melakukan program KTP gratis, rencananya tahun 2012 akan memberlakukan e-KTP, saat ini peralatan e-KTP sudah

siap dan akan diturunkan Januari 2012 oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Saat ini jaringan internet sudah disiapkan melalui jaringan Indosat. Setelah seluruh piranti e-KTP datang, Dindukcapil akan merealisasi kepengurusan kependudukan melalui e-KTP mulai bulan Maret 2012. Rencananya pendataan e-KTP melalui proses undangan bagi pemohon dari kecamatan melalui desa atau kelurahan, pemohon yang datang akan diambil identitas sepuluh sidik jari, iris mata, dan tanda tangannya. Semua identitas kepemilikan e-KTP itu, akan dicantukan di dalam chip dibelakang e-KTP. Menurut Efendi, di tahun 2012 pengurusan e-KTP akan diberlakukan secara gratis, namun mulai 2013 kepengurusan e-KTP akan dikenai biaya minimal Rp.35 ribu perpemohon. Karena e-KTP langsung diterbitkan melalui Kemendagri, dan belum jelas jangka waktunya, maka Dindukcapil masih memberlakukan pengurusan KTP secara regional, sambil menunggu e-KTP jadi. (swi/nji)

ekonomi & bisnis

5

SELASA, 3 Januari 2012

Bisnis Wisata Indonesia Timur Sriwijaya Air

Tujuan

Jam Berangkat

Sby

10.40 (Daily) 18.15 (Operate Jumat & Minggu)

Jkt

06.20, 11.20 (Daily) 18.10 (Daily) 12.35 (Daily)

Bjmsn

Bjmsn- 14.50 (Daily) Smg Garuda Indonesia

Jkt

06.05, 07.35, 09.20, 10.55,12.35, 14.55, 16.00, 17.00, 18.35

Batavia Air

Jkt

08.30, 17.30 (Daily)

Lion Air

Jkt

06.50, 11.40, 15.15

Sumber : Bandara A. Yani Semarang *) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Daftar Harga Sembako Beras C4 Super C4 Gula Pasir Minyak Goreng Kemasan Tanpa kemasan Daging sapi Daging ayam Telur Elpiji 3 kg Elpiji 12 kg Cabai Merah besar Merah keriting Rawit Bawang merah Bawang putih Minyak tanah Mentega kemasan Kedelai Jagung

Rp 7.000/kg Rp 6.500/kg Rp 10.250/kg Rp 12.400/kg Rp 10.000/kg Rp 58.000/kg Rp 22.000/kg Rp 16.000/kg Rp 13.000 Rp 74.000 Rp 15.000/kg Rp 8.000/kg Rp 18.000/kg Rp 20.000/kg Rp 23.000/kg Rp 8.500/l Rp 4.700/200 gram Rp 6.500/kg Rp 5.000/kg

Sumber : Pantauan dari Pasar Tradisional Semarang serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang

Peluang Cukup Menjanjikan Oleh sokhibun ni’am Peluang bisnis jasa layanan pariwisata yang menyasar kawasan Indonesia Timur, masih cukup menjanjikan.

M

asIh sedikit penyedia jasa layanan pariwisata yang sampai saat ini menyasar kawasan Indonesia Timur, padahal potensi dan aset wisata di kawasan tersebut sangat banyak. Hal itu tentunya bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Direktur Nia Trans Kurnianingsih mengungkapkan, banyak obyek wisata dengan pemandangan eksotis berada di kawasan Indonesia Timur Indonesia, tetapi sampai saat ini terbilang belum banyak jasa layanan wisata yang menyasar kawasan tersebut. “Kami melihat persaingan jasa layanan wisata di kawasan Timur Indonesia selama ini masih belum ketat, berbeda dengan kawasan Barat,” jelasnya, belum lama ini. Berdasarkan itu pula, menurutnya, PT Nia Trans merencanakan akan menyasar pangsa pasar di kawasan Indonesia Timur, mulai Sulawesi hingga Lombok (NTB) pada tahun ini. PT Nia Trans sudah membawahi sebanyak 15 agen perjalanan wisata yang tersebar di sejumlah wilayah, antara lain di Surabaya, Semarang, Jakarta, Medan,

hingga ke Bangka Belitung. Belum Dilirik Senada, M Ma’rufin, pemilik PT Nia Trans mengakui pangsa jasa layanan wisata di kawasan Indonesia Timur memang belum banyak dilirik para pelaku jasa layanan wisata sehingga pihaknya akan melakukan ekspansi pasar di wilayah itu. Menurutnya, pangsa pasar jasa layanan wisata memang masih cukup menjanjikan, mengingat potensi wisata domestik sebenarnya tidak kalah dibanding mancanegara. “Untuk tujuan wisata luar negeri, kami memang fokuskan untuk wisatawisata religi, seperti umroh,” ucapnya. Selain layanan jasa pariwisata, PT Nia Trans juga melayani multiservis, mulai layanan reservasi hotel, tiket transportasi, pengisian pulsa, sampai pengiriman uang dalam dan luar negeri. “Untuk jasa pengiriman uang, kami bekerjasama dengan PT Telkom. Layanan ini kami maksudkan untuk membatu mereka yang tidak memiliki rekening bank dan menginginkan kemudahan dalam pengiriman uang,” jelas Ma’rufin. (sna/tab)

HARSEM/DOK

Obyek Wisata Pantai Senggigi, Lombok, banyak dikunjungi wisatawan HARSEM/HERU SANTOSO

Maskapai

Walikota Salatiga Yuliyanto mengambil undian dalam acara temu mitra wajib pajak

HARSEM/DOK

Bawang merah menyumbang terjadinya deflasi

Inflasi Justru Menurun InflasI Jawa Tengah di bulan Desember yang diperkirakan akan meninggi akibat Natal dan Tahun Baru justru menurun. Dibandingkan dengan tingkat inflasi bulan November lalu sebesar 0,51%, bulan Desember ini tingkat inflasi hanya sebesar 0,37%. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng, Lukito Praptoprijoko mengatakan, beberapa komoditas yang memberikan sumbangan terhadap terjadinya deflasi adalah bawang merah, kacang panjang, jeruk, buncis dan semangka. “Untuk komoditas yang memberikan kontribusi terhadap terjadinya inflasi yaitu cabe merah, beras, tomat sayur, angkutan udara dan minyak goreng,” ujar Lukito. Dijelaskan, inflasi terjadi terutama disebabkan karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh kenaikan indeks pada beberapa komoditas. Di antaranya adalah kelompok bahan makanan sebesar 1,08%, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,13%. Juga kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,14%, kelompok sandang dan kelompok kesehatan sebesar 0,07 %, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebear 0,28% serta kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,18%. Dari enam ibukota provinsi di Pulau Jawa, semuanya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Bandung sebesar 0,84%, kemudian Surabaya 0,59%, Jakarta 0,49%, Yogyakarta 0,48%, Semarang 0,38% dan Serang 0,32%. Sedangkan untuk kota-kota di Jawa Tengah yang merupakan kota survei kebutuhan hidup, semuanya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Surakarta sebesar 0,62%, Semarang 0,38%, Purwokerto 0,07% dan Tegal 0,06%. “Secara keseluruhan dari bulan Januari hingga Desember 2011, laju inflasi di Jawa Tengah tercatat sebesar 2,68% atau jauh lebih rendah dari inflasi rata-rata pada tahun 2010 yang tercatat sebesar 6,88%,” ujar Lukito. (nuh/tab)

Pajak Restoran Belum Penuhi Target TEMU mitra para wajib pajak yang diselenggarakan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Salatiga, belum lama ini untuk meningkatkan pemahaman wajib pajak tentang pentingnya penerimaan pendapatan pajak daerah, khususnya Kota Salatiga. Pendapatan dari pajak ini mendukung kegiatan pembangunan daerah. Demikian dikatakan Kepala DPPKAD Kota Salatiga Drs Fakruroji dalam kegiatan Temu Mitra Undian Berhadiah Pajak Daerah Tahun Pajak 2011. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan penerimaan pendapatan dari sektor pajak sehingga semua target penerimaan pajak pada tahun pajak 2011 dapat tercapai,” ungkapnya. Untuk tahun 2011, penerimaan pajak mengalami surplus pada pajak hotel 113,84%, pajak hiburan 135,6%, pajak parkir 135% dan pajak reklame sebesar

103,27%. Tingkatkan Kesadaran Selain itu, ada obyek pajak yang targetnya belum terpenuhi dalam tahun 2011, di antaranya pajak restoran yang baru tercapai 98,05%. Dengan hal ini, diperlukan upaya meningkatkan kesadaran dan partisipasi waib pajak di Kota Salatiga sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Salatiga. “Dari penerimaan pajak di Kota Salatiga, yang belum dapat memenuhi target adalah pajak restoran, yang baru mencapai 98,05%. Sedang untuk pajak penerimaan yang lain sudah melebihi target. Obyek tersebut adalah pajak hotel, pajak hiburan, pajak parkir serta pajak reklame,” jelas Fakruroji. Sementara, Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM mengatakan, kepada

para wajib pajak yang telah menunaikan kewajibannya dalam membayar pajak, pihaknya sangat menaruh apresiasi. Pasalnya, pajak itu pada dasarnya merupakan pendapatan negara yang bersumber dari masyarakat yang akan dipergunakan untuk menjalankan sebagian besar dari program pembangunan. Pada hakekatnya pajak adalah dari rakyat dan untuk rakyat. “Intinya, pendapatan dari pajak tersebut, dari rakyat untuk rakyat. Bahkan, sebagian besar penggunaannya juga untuk membiayai program pembangunan yang akan dinikmati rakyat atau kita semua, “ tandas Yuliyanto. Dalam kegiatan ini tampak hadir Kepala KPP Pratama, Direktur Bank Jateng Cabang Salatiga, anggota DPRD dari Komisi II, Asisten III Setda Kota Salatiga, perwakilan dari SKPD dan wajib pajak daerah Kota Salatiga. (hes/tab)

Prioritas Dana Zakat untuk Sektor Ekonomi PEnYalURan dana zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) yang dihimpun Lazis Jateng mulai 2012 ini akan diprioritaskan untuk pemberdayaan sektor ekonomi masyarakat. Lazis Jateng juga menargetkan pergantian nama menjadi Lazis Indonesia dengan membuka kantor cabang baru di wilayah Jabodetabek. “Program penyaluran zakat, infak, dan sedekah 2012 sebenarnya tidak berbeda dari sebelumnya, yaitu disalurkan untuk pendidikan, kesehatan, dan sektor ekonomi. Hanya saja, penyaluran untuk sektor ekonomi akan kami prioritaskan,” jelas Ketua Laziz Jateng Arif Nurhayadi, di sela rapat kerja yang dilangsungkan di komplek Islamic Center, Manyaran, belum lama ini. Tahun 2012, dikatakan Arif, merupakan tahun pemberdayaan Lazis Jateng dengan target pengentasan 10.000 warga miskin termandirikan. Sekitar 40 persen dari penghimpunan Lazis nantinya akan disalurkan untuk pembinaan dan pendampingan ekonomi masyarakat melalui sistem desa binaan dan pesantren yatim. Untuk itu, Lazis Jetang merencanakan pembukaan Lazis Indonesia sebagai ganti nama Lazis Jateng. Perluasan yang ditandai dengan pembukaan kantor cabang di Kudus, Purwokerto, serta pembukaan di wilayah Jabodetabek nantinya diharapkan bisa lebih memaksimalkan pemberdayaan dan penghimpunan dana. “Kami menargetkan bisa menghimpun dana lebih dari pencapaian kami tahun ini, dimama kami telah berhasil menghimpun dana sekitar Rp5 miliar dari ZIS,” tandasnya. (sna/tab)

Expo REI V Tidak Capai Target REI Expo V yang digelar oleh DPD REI Jateng telah berakhir kemarin. Dengan menyisakan tiga pengembang yang belum melaporkan hasil penjualannya, pencapaian REI Expo kali ini jauh di bawah target. Wakil Ketua Bidang Promosi, Humas dan Publikasi DPD REI Jawa Tengah Dibyo K Hidayat mengatakan, hingga pukul 14.00 kemarin, tercatat total transaksi yang terjadi sebesar Rp 34,115 miliar, jauh di bawah target yang ditetapkan sebesar Rp 50 miliar. Sementara transaksi yang terjadi sebanyak 126 unit yang terjual. “Angka tersebut merupakan potensi

penjualan, karena bisa jadi dalam beberapa waktu ke depan ada yang membatalkan pembelian. Dari 126 unit tersebut, 76 unit merupakan pembelian rumah dengan harga di bawah Rp 200 juta, 43 unit untuk perumahan dengan harga antara Rp 200 juta sampai Rp 600 juta, dan 7 unit untuk harga di atas Rp 600 juta,” ujar Dibyo, kemarin. Ditambahkan, faktor liburan memang berpengaruh besar terhadap turunnya penjualan. Para pengunjung yang datang lebih cenderung melihat dan menimbang untuk melakukan pembelian.

“Dana mereka cenderung digunakan untuk memenuhi kebutuhan liburan mereka. Memang kecenderungan dalam pameran perumahan, konsumen tidak langsung melakukan transaksi pada saat tersebut. Baru setelah beberapa bulan kemudian, mereka akan mengambil keputusan jadi tidaknya membeli properti tersebut,” ujarnya. Dirinya juga yakin pada bulan Januari ini, penjualan perumahan akan kembali meningkat. Keyakinan ini diperkuat dengan kondisi ekonomi yang sedang baik serta tertundanya keinginan konsumen membeli

rumah. Terkait dengan prediksi di tahun 2012 mendatang, Dibyo mengatakan bahwa saat ini tren penjualan rumah sedang bagus. Dirinya yakin setelah ini akan ada peningkatan transaksi. “Antara penjualan properti dengan kondisi perekonomian merupakan dua hal yang saling terkait dan mendukung. Bila ekonomi bagus, maka properti juga bagus. Begitu juga sebaliknya. Gabungan keduanya ibarat bola salju yang akan menggulirkan roda perekonomian nasional,” pungkasnya. (nuh/tab)

YAIK-BARITO ya iklan baris to! Tarif Iklan Pastikan..!!

JENIS IKLAN

BW

Baris Kolom Advertorial Display

SPOT

6.000,-/baris 6.500,-/mmk 8.500,-/mmk 10.000,-/mmk

FULL COLOR

7.000,-/baris 7.500,-/mmk 9.500,-/mmk 11.000,-/mmk

10.000,-/mmk 12.500,-/mmk

KETERANGAN > 2 baris < 10 baris 30 mmk < 200 mmk > 200 mmk > 100 mmk

Brosur dan Material Promo Anda Sampai Ke Tangan Pembaca, Karena Hanya Kami Ahlinya...

BUTUH UANG/BPR DANA LEBARAN tnp jaminan lmt 2-5 jt bisa 2th utk karywn/wrst Hub:70302026

KEHILANGAN HILANG STNK NP H 6693CZ Winarno, Meteseh RT. 3/1 SMG

0812/IKL/PR/IV/27/11

BUTUH DANA Jaminkan BPKB, Ke KSP Pundi Artha Mas Hub: 024-70529700 0688/IKL/R/X/20/11

CARI JODOH BUJANGAN, Kristen, 34 th, staf admin, cari istri, gadis/janda tanpa anak 20-30th, Kristen 088215546679 0954/IKL/R/VIII/23/11

ELEKTRONIK

an.

1045/IKL/R/XII/28/11

0943/IKL/R/VIII/11/11

BUTUH UANG Pembiayaan mobil /motor Jaminkan BPKB Proses Cepat Tanpa Survei Bunga mulai 0.5% Takeover. Bisa Hub: 024-70880082 / 085727711297

KULINER

1044/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP. H 5167 JR an. Suryatini. BA, Tanah Putih RT.02/03 Candisari SMG 1043/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP. H 3142 FP an. Menik Maisaton, Jl. Seruni 3 No. 4 RT.7/10 Tlogosari Pedrgn SMG 1042/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP . H 6490 DP an A. Budiyono, Kp. Penjaringan RT.06/01 Kemijen Smg 1041/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP . H 6359 FS an Joko Pujanto, Brigjen Sudiarto No.299B RT.1/4 Smg 1040/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP. H 2160 RE an Darto, Kramas RT.03/03 Tembalang Smg 1039/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP. H 3023 TW an. Ari Susanto, Jl. Candipawon TMR 1/32 Manyaran SMG 1038/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK an Purtomo Jl Brumbungan Semarang merk Yamaha 1037/IKL/R/XII/28/11

TOKO PARABOLA Jl Hasanudin G 58 Pasang / servis / Yes TV / Indovision, Hub: 024-70889950

HILANG STNK NP . H 2671 PZ an. Setu Jl Candi Losmen Rt 3/9 Candisari Smg

0873/IKL/PR/VI/09/11

HILANG STNK NP H 3732 JH an. Ari Susanto, Perum Suhada Permai No.9 SMG

KREDIT MURAH Hp, Emas, Elektronik, DLL. Hub.024-40060406/08882432932 0560/IKL/B/III/08/11

JASA PROPERTI DESAIN & SPESIALIS Renov/baru. Rmh, Kost (Free Gbr+Kitchen Set). 70129510 0641/IKL/B/VII/17/11

KEHILANGAN HILANG STNK NP H 3968 AP an. Dwi Lisa Andriana, Jl.Murtimulyo Blok B No.4 RT.01/15 Muktiharjo Pedurungan SMG 1051/IKL/R/XII/31/11

HILANG STNK NP H 1826 TG an. Primkopkar PT. PLN Dis JTG, Jl. Teuku umar 47 SMG 1050/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP. H 5713 SZ an. Suprijanto, Lamper Mijen RT. 01/06 Lamper tengah SMG

1049/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP. H 6315 SP an. Kusmiati, Surtikanti VI/6 SMG 1048/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP. H 3829 ER an. Winarno, Jl. Kawi III RT.04/04 Wonotinggal Candi sari SMG

1047/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP . H 3092 P an Suratman, Tambak Mulyo RT.06/15 Tanjungmas SMG

1036/IKL/R/XII/23/11

1035/IKL/R/XII/22/11

HILANG STNK NP. H 5249 TR an. Febby Irawan, Rasamala Raya No.94 RT.5/5 Banyumanik SMG 1034/IKL/R/XII/22/11

HILANG STNK NP. H 4304 JR an. Sukirman, Rasamala Barat II No.155 Banyumanik SMG 1033/IKL/R/XII/22/11

HILANG STNK NP. H 4419 KF an. Randy Henrico Basja, Kp. Batik Tengah RT.4/2 Rejomulyo SMG 1032/IKL/R/XII/22/11

HLG STNK NP R 5522 LB an Koenarto Jl. Komperta GN Simping 226 Rt 2/17 Cilacap 1031/IKL/R/XII/21/11

KOS MENERIMA kos2-an putri / mahasiswi / karyawati Jl. Parangbaris 7 no.19 Telp. 0246706482 / 91341819 / 0856405222372 1021/IKL/R/XII/3/11

MENERIMA Kos2an Pasutri Jl. Parangbaris 7 No.19 Telp. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372 0990/IKL/R/XI/07/11

KOS PASUTRI/karyawan 2 bln Rp 500.000 Lok. Daerah Mrican Hub. 024-91312155

ES BUAH PALING ENAK Se-kota Semarang es buah “ DIRAJA” Putra es Kobar Solo 0660/IKL/R/VIII/27/11

LAIN-LAIN AMAN, legal, BPOMRI, Foredi-Gel 200rb. Pesan antar 085641321999

0974/IKL/R/X/06/11

JUAL GPS Tracking 2,5 jt/unit free berlangganan Web & GPRS selama 1 th Hub : Nanang 081330407550 0931/IKL/R/VIII/03/11

JUAL ALAT PENGHARUM RUANGAN OTOMATIS HUB. 085225518179 0906/IKL/B/VII/22/11

LOWONGAN DIBUTUHKAN : JURU MASAK BAKMI pria 20-30 th, utk kafe Banyumanik Semarang, sms : 081-311-284-183 0999/IKL/R/XI/16/11

AGEN BABY SITTER, Jompo, Dpt U/ saku 4jt, Spor, Hkg, Twn, Gj 5jt GRATIS Fee Sponsor 8,5jt. Hub. PT RIMBA (021)84972854, 84971469, 33722294, 70533132, 70582811

Membutuhkan: Karyawan tetap untuk Marketing P/W usia 23-55 th yang sudah pengalaman Fasilitas: Gaji, transport, bonus, dll. Min Rp 3-10 jt/bl. Pasti dan jenjang karier luas. Lamaran lengkap langsung ke: Jl Kauman Barat 330 Semarang Telp 70345720

0700/IKL/R/XI/02/11

1046/IKL/R/XII/29/11

Johar

024-3512771

PELUANG USAHA

PENGOBATAN

DIBUTUHKAN SEGERA SECURITY

SEDOT lintah, gurah, rapetkan V, ED, Bekam, Telat bln, K-prawan, L sahwat. Kons: Raketkan pasgn, menata aura, buang sial Gayamsari IV/22 Majapahit Smg 6706083

Plg lmbt 3 mg stlh iklan PT AKA Jl. Kimangunsarkoro depan Stadion Diponegoro Semarang 0987/IKL/R/X/27/11

DIBUTUHKAN BEBERAPA

SALESMAN Kami perusahaan Distributor Bahan Baku Roti untuk pabrik roti membutuhkan beberapa salesman. Syarat: - Usia max 30 th - Pendidikan min DIII/SI - Punya motor & SIM

1029/IKL/R/XII/16/11

DAHSYATNYA INVESTASI FOREX!profit 2,5 juta/hari selama 250 hari (Modal Min.500rb) INFO? www.starttexas.com. ATAU? SMS “PETUNJUK” Hp 081905109444 1029/IKL/R/XII/15/11

MAU PUNYA Usaha sendiri? Gabung dgn minuman teh siap saji GOOD TEA Hub: 081228397779 / 085842174777

1025/IKL/R/XII/15/11

DAHSYATNYA Bisnis FOREX! Profit Rp.2,5Jt/ hari, Modal Min, Rp.1Jt Cocok utk PNS, Pegawai Swasta dll. Info lengkap www.starttexas.com. SMS "PETUNJUK" Hp. 081905109444

1011/IKL/R/XI/25/11

ANDA MAU PROFIT HARIAN? Daftar hari ini mulai besok dpt profit 2%-6% /hari via rekening Anda (Tanpa merekrut) SMS “BERMINAT” Hp 081905109444 0987/IKL/R/X/22/11

BISNIS FOREX Profit 5%/hr Via Rek. Anda (Tanpa Merekrut) www.starttexas.com./ST0255 atau SMS “MINAT” Hp.081905109444 0987/IKL/R/X/22/11

Lamaran ditujukan ke: Jl. Puspowarno I/20 Semarang 0975/IKL/R/X/07/11

DIBUTUHKAN 300 karyawan untuk perkebunan sawit, upah harian, bonus premi, mess, sembako, klinik gratis, jamsostek Hub. 081237225459 / 085651031888 0965/IKL/R/IX/20/11

DIBUTUHKAN Segera Apoteker Apotek Srikaton, Jl. Srikaton. Hub. Bu Diah 081325164588 (Serius) 0910/IKL/R/VII/25/11

MOBIL DIJUAL

GLOBAL MANDIRI, Dis. Tunggal "Maturo Soya” (baru buka cab. Semarang)

SPOT 8.500,-/mmk 6.500,-/mmk 6.500,-/mmk 6.000,-/mmk

USAHA Sampingan penghasilan 850rb - 5 Jt/ hari bersama PT. MNI hub. 085865007194

0993/IKL/R/XI/09/11

DIBUTUHKAN SEGERA MARKETING

BW 7.500,-/baris 5.500,-/mmk 5.500,-/mmk 5.000,-/mmk

LOWONGAN

0975/IKL/R/X/06/11

FOREDI – Gel 200rb, GASA 250 rb, asli legal Hub 085641321999

JENIS IKLAN Display Pendidikan Display Keluarga Display Sosial Display Duka Cita

DIJUAL MOBIL Mitsubisi Lancer’88 Plat H, hitam full variasi an sendiri pjk pjg Hub: 08562680116/085640178475 hrg 26 jt

0999/IKL/R/XI/11/11

PENDIDIKAN LES PRIVAT KILAT : Terapi Telinga, buka Aura, Terapi Energi Bio ( Bersihkan neg dalam tubuh) 085842763159

0851/IKL/PR/V/14/11

PENGOBATAN

0867/IKL/PR/VI/09/11

DR.BOYKE: OLESAN TAHAN LAMA!! 8 JAM!! (200rb) www.pasutrihot.com Hub 024-91139013 & 0857.4141.9393 0870/IKL/PR/VI/09/11

PEMBIAYAAN

0903/IKL/R/VII/16/11

PIJAT Refleksi semua jenis penyakit sukarela dgn herbal. Hub. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372

MOTOR DIJUAL

TERAPI Cakra Spiritual (Biaya Sukarela), Gayamsari IV/22, Majapahit SMG. Telp.6706083

1020/IKL/R/XII/3/11

0958/IKL/V/IX/03/11

NEW MASSAGE & RILEXS call : Viona 085741812670 1005/IKL/R/XI/22/11

MELAYANI segala perawatan massage dan lulur. Panggilan. Hub: RINA- 024 70203835

1024/IKL/R/XII/15/11

0627/IKL/A/VI/29/11

DIJUAL RUMAH dr type 21-besar di semua wilayah Smg Hub: 024-74046753 / 081229044750 bisa di KPR cash/kredit. Langsung bertemu pemilik

3JT “PAKET PERKAWINAN” lengkap rias pengantin + dekorasi + foto digital. Hub: 024-70427892

1022/IKL/R/XII/12/11

DIJUAL RMH HM 4 KT LT.7x12 Hrg 120 jt Nego Jl. Murti Indah 36 Muktiharjo Hub. 081325918989 1019/IKL/R/XII/3/11

0990/IKL/R/XI/03/11

JUAL RMH HM Bukit Menur Sendangmulyo LT 91m2 listrik 1300w, 2 kt, PAM, hrg 120 jt nego Hub. 02470554473 / 08812460658 DI JUAL Segera: Kavling HM + 750m2 di sltn SLB Mgnhrjo Tmblng Smg View bgs, nego. HP: 082136898938.TP dan No SMS 0929/IKL/R/VIII/02/11

ANDA membutuhkan pembiayaan mobil niaga. Hub kami: 081326526063 ENDA, 081225366581 DANI, 081332221288 INDRA, 081227321114 NURDI, 081225 551888 WIWIN, 082136291312 AJAY. Jl. Majapahit No. 321 A. Proses cepat BPKB Aman. 0878/IKL/PR/VI/10/11

DIJUAL RUMAH Tanpa DP Angs 880rb/ bln, Lokasi Bangetayu Kulon 70320596 0919/IKL/R/VII/27/11

DIJUAL RMH HM di Mahesa Pedurungan Lt 190 Lb 120 3KT 2KM ada Bathup, garasi 3 mobil harga 450jt nego Hub: 024-70999840/081325985566 0904/IKL/PR/VII/21/11

JUAL RMH HM Lt 170 ada toko seisinya, PAM, PLN, telp, 4 kt, 3 km. dpn SDN I Simongan Hub: 33143383 / 7624030

BU : JUAL TANAH Di Meteseh, Rumah Di Tembalang Hub. EDO (024) 50218699 1004/IKL/R/XI/19/11

JUAL/BU: Tanah di Sampangn, tepi jln, 375 jt / Rmh dekat Java Mall, 1,5M (nego) Hub: 085640351333

0863/IKL/I/V/28/11

DIJUAL KAVLING ukuran 12x25M dkt UNNES Sekaran, harga 100jt Hub:081225060117 0858/IKL/PR/V/25/11

DIJUAL TANAH SHM 2269 Luas 7000 M2 Di Pati Hub: 024 48502743 0739/IKL/R/I/06/11

JUAL TANAH Luas ± 337 M2. HM Daerah Kos2an UNNES Sekaran Hub. 081390153179 0669/IKL/B/VIII/31/11

UMROH/HAJI

0845/IKL/PR/V/12/11

RENTAL/TRAVEL

RUMAH Lt 95 m2, listr 900W, 2 KT 2 KM, air sumur, Jl Depok sari RT 4/7 Gang Tengah Kedungmundu 085747978220

RENTAL MOBIL harian/blnan. ELF, Ravelo, Avanza, Xenia, dll. Hub: 02474046753 / 081229044750

RUMAH Jl. Medoho Asri No 5 Rt 05/05 HM, Listrik 1300 watt, luas 96m2, 2 lantai. Hub : 081325910301

0801/IKL/I/IV/12/11

1021/IKL/R/XII/12/11

0784/IKL/R/III/23/11

TRANS JAYA Shuttle Smg-Jog 45rb, Travel Smg – Pwt 65rb, rental elf/dutro lux 2011, Hub: 082136363678

RUMAH tipe 36 L:98m2 full bangunan Lt.2 kmr bwh 2, atas 2, kmr mandi 1. Hub: Youdiz, 081325093486 Pr.Grafika Indah No.24 Banyumanik SMG.

0866/IKL/PR/VI/09/11

0600/IKL/B/V/05/11

TANAH DIJUAL

JUAL CEPAT rumah Semarang Indah Blok E 2 Lantai Komplit 420jt 085842763159

0944/IKL/R/VIII/13/11

0857/IKL/PR/I/21/11

JUAL MOBIL TOYOTA DYNA TRUCK 2000 MERAH H 1465 MC. Hub: Artha Asia Finance 024-6700787

0886/IKL/PR/VIII/10/11

0868/IKL/PR/VI/09/11

PIJAT Ibu Ida & mas Yulianto. Mengatasi ejakulasi dini, tambah perkasa, lulur & refleksi. Pekunden tengah III 4A Hub: 0248416725 ada tempat bisa dipanggil.

PINJAMAN Tanpa Agunan.. khusus karyawan, gaji 2jt lewat transfer bank. Hub: Ardian 024-70247939 / 085876862929

JUAL MOBIL TOYOTA BU43 DUMP TRUCK 2005 MERAH H 1513 SG. Hub: Artha Asia Finance 024-6700787

SUZUKI SMASH Titan subsidi sampai 1,1jt DP 750rb angs 390rb Hub Lely 08563396086 SUZUKI MAJAPAHIT

SPECIALIS IMPOTEN, ED, dll besarpanjang vital. Jeng Peni, 024 70021514

PERBANKAN

0904/IKL/R/VII/16/11

0902/IKL/R/VII/16/11

0872/IKL/PR/VI/09/11

HUBUNGI

0905/IKL/B/VII/22/11

DIJUAL RUMAH dr type 21–besar disemua wilayah Smg Hub: 024-74046753 / 081229044750 bisa di KPR cash/kredit. Langsung bertemu pemilik

0888/IKL/I/VI/24/11

PIJAT PENYEMBUHAN MERIDIAN Dan terapi alat vital, Hub Bp.Budi 085640003160 ada tempat & terima panggilan

0934/IKL/R/VIII/06/11

INGIN KULIAH BHS Inggris & Belanda masuk saja di AKABA 17 Semarang Hub: 3552474 Seteran Dalam No 9 Semarang.

SALON

0895/IKL/I/VII/09/11

0990/IKL/R/XI/03/11

LES NGAJI QUR’AN, 085225518179

RUMAH DIJUAL

TERIMA Pijat Refleksi tradisional capek dan totok wajah. Hub: Wahyu 085725715951 (ada tempat)

LES PRIVAT Rombongan Matematika RSBI dijamin nilai diatas 8 Hub 0246706482 / 91341819 / 085640522372

JUAL MOBIL MITSUBISHI L300 DP BOX 1996 COKLAT ABU-ABU H 1853 WH. Hub: PT Artha Asia Finance 024-6700787

0988/IKL/R/XI/03/11

024-91507718

Website’s: www.hariansemarang.com Blog: http://hariansemarangbanget.blogspot.com Email: hariansemarang@yahoo.co.id

Dibutuhkan segera security P/W utk wil Semarang, Jepara, Kudus, Jakarta, Bandung, Wonosobo, Rembang & Jogja. Min SMA usia max 35 th

HILANG STNK NP. H 3293 SZ an. Andrias Budi S, Pudakpayung RT.3/3 Banyumanik SMG

6

SELASA, 3 Januari 2012

0783/IKL/RS/III/22/11

UMROH/HAJI dengan 3,5 jt bisa berangkat umroh/haji+ bersama PT. Arminareka fee Refrensi 1,5 jt/jamaah Hub: 08157647484 0869/IKL/PR/VI/09/11

Info Sehat

& ►LESTARI Agency Jl. MH. Thamrin 82 Semarang. Telp. (024 - 3557003) ►ADILA Agency Jl. Imam Bonjol II / 265 Semarang. Telp. (024 - 3511051)

Dapatkan Sajian Berita

Perkuat Imunitas Tubuh

PESONA SEMARANG

SISTEM imun adalah sistem pertahanan alami tubuh, terdiri atas rangkaian rumit yang terdiri atas sel, jaringan, serta organ-organ yang menyatu satu sama lain untuk menghalau subtansi asing (bakteri, virus, parasit, jamur) yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri, virus, parasit, jamur yang berada di mana-mana (sekolah, rumah, kantor, dan tempattempat lainnya berpotensi menimbulkan munculnya penyakit. Sistem imun yang sehat akan menjaga tubuh. Bagaimana caranya? Membangun hambatan yang akan menghentikan bakteri, virus, parasit, jamur memasuki tubuh. 1. Jika salah satunya dapat melewati hambatan, maka sistem imunitas akan memproduksi sel-sel darah putih, berbagai zat kimia, dan protein lainnya yang akan menyerang dan menghancurkan subtansi asing tersebut sebelum sempat bereproduksi. 2. Jika cara tersebut gagal, sistem imunitas akan memproduksi semakin banyak zat penyerang untuk menghancurkan subtansi asing yang telah bereproduksi.

yang sesungguhnya

►MANDRA Agency Jl. Rowosari 24, Rt.4/Rw.1 (blkg soto bangkong srondol) semarang. Hp. 081364624211 ►PAIMAN Agency Jl. Cendrawasih (Nusantara motor). Telp. (024 - 70321541)

Jl. Cakrawala. Telp. (024 - 7617666)

Jl. Cendrawasih (Nusantara Mtr)

►CANDI Agency Jl. Pandanaran 30 Semarang (Kantor suara merdeka). Telp. (024 - 8319726 / 081575005800)

►P. TUKIMIN Agency Wartel Lobi Stasiun Tawang ►KUSUMA (Bu Widi) Via Lestari Agc.

►KIN Agency SPBU Kali Babon. Telp. (024 - 70946876)

►KURNIA Agency Pos Ojek Depan Museum Ronggowarsito. Telp. (024 - 70422025)

►YUDI Agency Arteri Soekarno Hatta 29 Semarang. Telp. (024 - 70602050)

►DUTA Agency Jl. Kakap I no.1 Ruko Sebantengan Ungaran. Telp. (024 - 6925050)

►NURI Agency Jl. Setia Budi (depan masjid sukun). Telp. (024 - 7463240)

►TERBIT BARU Agency Jl. HOS. Cokroaminoto 322 Ungaran. Telp. (08179538247)

►USAHA KAWAN Agency Jl. Garuda 23 A Semarang. Telp. (024 - 3517063)

►KOPINDA Jl. Kusumawardani III no 37 Semarang.

►REMAJA ISLAM MASJID ANNAWAWI Gayamsari IV / 1

►WITO Agency Jl. Ngesrep Timur no.1 (wartel adi putra) Tembalang. Telp. (024 - 70315410)

►FITRI Agency (Warto) SPBU Gajah Mungkur. Telp. (081228896228)

►PAK MUL Siliwangi (Sebelah Mbok Berek)

►HARIANI Agency Jl. Plampitan 20 Semarang. Telp. (024 - 3541832) ►ERLANGGA Agency Jl. Erlangga Raya 24 semarang. Telp. (024 - 8313405) ►EKO Agency Jl. MT. Haryono (depan gg trengguli) Telp. (024 - 831955 )

►RIFAI Agency Pom Bensin Kalibabon. (024 - 70095713) ►ABDUL RAHMAN Tegal Sari Raya no. 119 (toko mas is). Telp. (024 - 8452855 / 085641557340 )

►TOPAS Agency Jl. Pamularsih (Belakang museum ronggowarsito). Telp. (024 70125273) ►AS’ARI Agency Jl. Sriwidodo Utara no.6 Semarang. Telp. (024 - 7607488) ►ANEKA MEDIA Agency

►KUSAERI Masjid Al Mashuri-Tugu Telp. (024 - 70414663)

►WONDO Agency Jl. Pandanaran 11 ►SUKRO Jl. Pandanaran 30 ►CANDI Jl. Pandanaran 30 ►SURYANTO Simpang Lima ►DARMA Agency Stadion Diponegoro ►AGEN KAB. DEMAK (Kusdoto) ►AGEN KAB. KENDAL (Wahyu Eka) Jl. Ry Gondang No.15 CepiringKendal (Depan Pom Bensin Gondang) Telp. 081390644888, 0294 - 383207 ►AGEN KAB. SALATIGA

►GASEM Agency Semarang

►ABABIL Agency Salatiga

►KUWADI Agency Depan Pasar Mranggen

►EKO Agency Salatiga

►SANIMAN Agency

“HARIAN SEMARANG” DAPAT DIPEROLEH DI AGEN-AGEN TERDEKAT DI KOTA SEMARANG DAN SEKITARNYA

Sistem imunitas dapat mengenai berbagai macam subtansi asing berbeda. Sistem imunitas dapat mempoduksi zat penyerang yang diperlukan untuk menyerang hampir semua jenis subtansi asing tersebut. Sistem imunitas terus bekerja sepanjang tahun karena harus terus menerus memberikan pertahanan terhadap segala macam subtansi asing dari dalam (racun yang mengendap) dan luar tubuh (udara, dan makanan yang berasal dari sumber yang telah tercemar, pengawet makanan, pewarna, perasa buatan, hewan ternak, tumbuh-tumbuhan yang berkembang biak dengan pupuk dan bahan kimia lainnya).

Ada beberapa faktor yang menyebabkan menurunnya sistem imunitas, antara lain: 1. Usia Semakin muda seseorang fungsi sistem imunitasnya belum sempurna. 2. Kematangan saluran cerna. 3. Lingkungan yang tidak bersih. 4. Infeksi 5. Status gizi. 6. Penyakit kronis yang diderita, seperti jantung, kanker, atau kelainan darah. Beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain: 1. Hindari penggunaan antibiotik yang berlebihan dan tidak rasional karena dapat mengakibatkan mudah terserang penyakit lebih lama, dan juga sulit diatasi karena kuman telah kebal. 2. Tidur yang cukup. Kurang tidur dapat berakibat buruk bagi daya tahan tubuh. 3. Hindari alkohol, rokok, dan narkoba. 4. Hindari berdekatan dengan peroko (menjadi perokok pasif). 5. Mengkonsumsi air minimal 2 liter setiap harinya. 6. Mengkonsumsi makanan yang baik dan seimbang. 7. Mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air yang mengalir. 8. Mendapat cukup sinar matahri dan udara segar yang bersih. 9. Olahraga teratur. 10.Mengenadalikan emosi dan stres. 11.Bekerja dan beristirahat secara seimbang. Biasakan untuk tidur malam 7 hingga 8 jam setipa harinya.

INTERNASIONAL HUKUM & KRIMINAL

77

senin, 15 november 2010 selasa, 3 Januari 2011

Kehabisan Bekal, Sikat Laptop di Mal Oleh Abdul Mughis Bermaksud merantau cari pekerjaan ke Pulau Jawa, kedua perantau terpaksa mencuri laptop karena kehabisan uang dan akhirnya ditangkap warga di mal.

K

ehABiSAn akal dan bekal, dua perantauan asal luar Jawa nekat mencuri laptop di lantai dasar Java Super Mal. Mereka adalah Rahman Tagar (28), warga Muaro Jambi, dan Febri Siswanto (18), warga Belitang Ongan Komring, Ulu Timur, Sumatera. Keduanya menggasak laptop milik pengunjung mal Hendito Agil Kurniawan (25), warga Jalan Murti Laras Blok K/156, Muktiharjo Kidul, Pedurungan, Semarang. Namun aksi kedua pemuda ini keper-

gok. Tak urung pengunjung mal geram dan menggebuki mereka, sebelum akhirnya mereka digelandang ke Mapolsek Semarang Selatan. Tersangka Rahman mengaku terpaksa mencuri karena kehabisan bekal. Mereka datang ke Jawa bertujuan merantau mencari pekerjaan. “Sebelumnya kami di Jakarta kerja di pabrik, kemudian bermaksud mengunjungi pacar ke Demak. Ayah pacar saya sedang sakit,” ujar Rahman di Mapolsek Semarang Selatan, kemarin. Namun sesampai di Kota Semarang,

uang bekal yang dibawanya menipis. Mereka mengaku belum pernah pergi ke Demak. Rahman sudah bertanya pada orang-orang bahwa jarak ke Demak masih jauh. “Kami bingung kehabisan bekal. Mau makan tidak punya uang. Mau menjenguk calon mertua tak ada modal. Akhirnya nekat mencuri, “ katanya. Rahman sengaja mengajak Febri, temannya. Dalam kondisi genting tidak mengantongi uang, akhirnya berinisiatif jalan-jalan di Java Super Mall. Begitu melihat sebuah tas di lantai dasar, me-

reka langsung berpikir cepat dan mencurinya. Sebelumnya mereka sempat berembuk dan bagi-bagi tugas, Febri mengambil tas, sementara Rahman mengawasi dari jarak jauh. “Namun saya nggak tahu ternyata yang punya tas berdiri tak jauh dari tasnya,” ujar Febri. Tentu saja sang pemilik tas berisi laptop itu tidak tinggal diam. Febri yang berusaha kabur langsung diteriaki maling. Teriakan itu mengundang respon pengunjung mal. Aksi Perantauan ini pun berakhir di

tangan massa. Febri pun ditangkap dan dihajar hingga babak belur. Sedangkan Rahman berhasil melarikan diri karena mengawasi dari jarak jauh. Kapolsek Semarang Selatan, Kompol Sigit B mengatakan, Rahman berhasil kabur dan melarikan diri ke daerah Demak. Namun tak selang berapa lama, berhasil ditangkap. “Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, keduanya dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara,” tutur Kompol Sigit. (gus)

sambungan berita halaman 1 Jateng Sarang ...

Di-PHK, Stres ... Posisinya tergantung di blandar di salah satu kamar dalam rumah. Saat itu dia sedang melintas di depan kamar korban yang tidak tertutup, Jasmirah terperangah melihat anaknya mengambang di udara. “Saya langsung berteriak minta tolong,” ujarnya sembari tersedu. Tak lama berselang, para tetangga yang mendengar teriakan itupun langsung menghampiri rumah korban. Hampir seluruh keluarga dan tetangga tidak percaya atas kejadian tragis itu. “Saya tidak menyangka dia memilih nekat dengan cara seperti ini,” tambahnya yang masih syok. Adik korban, Sulitsiyowati (35), juga mengaku miris dan tidak percaya. Dijelaskan, kakaknya tersebut memang sedang mengalami tekanan hidup yang cukup memeras pikiran. Beberapa tahun lalu korban di-PHK dari tempat kerjanya. “Sekitar enam tahun dia tidak mempunyai pekerjaan, terlebih belakangan ini istri dan

anaknya pergi ke Lampung mencari nafkah,” terangnya. Atas hal itulah, korban terbiasa linglung dan murung. Karena kondisi psikologinya kian parah, beberapa waktu lalu sempat dirawat di sebuah rumah sakit jiwa. Keluarga sudah kehabisan akal untuk mencari solusi terbaiknya. “Hari-harinya selalu mengurung diri di dalam rumah, jarang keluar berbincang-bincang dengan tetangga,” kata Sulistiyowati yang juga dibenarkan oleh Kepala Desa Sumurejo, Setyo Budi. Tim kepolisian dari Polsek Gunungpati dan Polrestabes Semarang mendatangi lokasi kejadian dan melakukan identifikasi dan dilanjutkan evakuasi. “Tidak ditemukan adanya tindak penganiayaan di tubuh korban. Berdasarka identifikasi, barang bukti-bukti yang ditemukan, korban murni bunuh diri,” ujar Kapolsek Gunungpati Semarang Kompol Purwanto. (abm/rif)

Epilepsi Kambuh ... “Saat saya temukan di pinggir kali kondisi Sugiyanto sudah tidak bernyawa lagi,” terang Sutar, saat memberikan keterangan kepada polisi. Usai penemuan tersebut, Sutar langsung memanggil Purwoko (50), warga yang rumahnya berdekatan dengan lokasi, untuk memastikan kondisi Sugiyanto. Setelah diyakini korban telah tewas, keduanya segera melaporkan peristiwa tersebut ke desa dan diteruskan

ke Polsek Banyubiru. Kasubag Humas Polres Semarang, Iptu Rita Setyorini saat dikonfirmasi membenarkan, bahwa pihaknya telah menerima laporan penemuan mayat tersebut. “Hasil visum sebelumnya korban sudah diketahui menderita penyakit epilepsi. Diduga, saat berada di lokasi, penyakit epilepsinya kambuh lalu terpeleset dan jatuh ke sungai,” jelas dia. (ino/rif)

Talud Karanganyar ... padahal talud tersebut dibangun pada 2006, setahun setelah pembangunan rumah. Matias mengatakan, talud tersebut ambrol sekitar pukul 02.30 dinihari ketika dirinya sedang terlelap tidur. “Saat itu hujan deras, tiba-tiba terdengar suara gemuruh ‘mak bruk’,” katanya. Lebih lanjut Matias menjelaskan, seminggu sebelum ambrolnya talud tersebut memang ada tanda-tanda jika talud akan ambrol. “Sebelumnya sudah terlihat akan ambrol. Talud yang berada di samping rumah itu sudah merekah sedalam 1 meter. Lalu saya langsung lapor ke ketua RT. Kemarin (1/1) pagi pak RT datang untuk melihat, malamnya malah ambrol,” jelasnya. Dia mengaku khawatir jika hujan terus turun akan mengakibatkan rumahnya longsor. Sehingga dia berharap ada bantuan dari Pemkot Semarang untuk segera membuat talud yang lebih kuat. “Karena malam itu masih hujan, saya dan bapak mengungsi ke rumah tetangga. Takutnya ambrol lagi dan rumah ikut longsor,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Karanganyar Gunung Purwadi Saputro mengatakan, untuk antisipasi sementara talud yang ambrol ditutup terpal plastik agar tidak terjadi longsor lanjutan jika hujan. “Kejadian ini sudah saya laporkan ke kecamatan dan BPBD. Dan kita juga sudah menyerahkan bantuan sembako,” katanya saat meninjau lokasi. Mengenai perbaikan talud, lanjut Purwadi, pihak kelurahan akan mengusulkan supaya ada bantuan perbaikan talud supaya tidak membahayakan. “Kita usulkan Pemkot untuk pembangunan taludnya,” lanjutnya. Purwadi menjelaskan, di wilayah Kelurahan Karanganyar Gunung terdapat tiga wilayah RW yang rawan longsor, yakni RW 04, RW 01, dan RW 02. Ketiga RW ini berada di wilayah yang berbukti-bukit dan banyak rumah yang berada di pinggir tebing. “Dari ketiga RW tersebut, yang paling bahaya di RW 04 karena banyak rumah warga yang berada di pinggir tebing,” jelasnya.

(wam)

2012, Tahun ... Habib yang sering diundang di acaranya anak muda ini mengatakan, kebingungan itu merata. Para pejabat bingung memikirkan bangsanya dan rakyatnya, para politisi bingung memikirkan partainya, pengusaha bingung dengan bisnisnya, mahasiswa bingung akan masa depanya, dan lain sebagainya. Dia menambahkan, ada persamaan tahun baru hijriyah dan tahun baru masehi. Tahun baru hijriyah, kata dia, dimulai Muharam atau Suro, biasa digunakan kesempatan untuk “topo”. Nah, tahun baru Masehi yang dimulai bulan Januari mestinya juga digunakan topo: noto opo-opo (menata apa-apa). “Topo yang dimaksud adalah menambah ibadah, meningkatkan ketakwaan, melakukan puasa, memperbanyak zikir dan senatiasa menjaga akhlaqul mulia. Misalnya mengucapkan kalimat toyyibah (katakata yang baik), dan berbicara yang bermanfaat,” tuturnya disambung dialog dengan hadirin. Ketua umum Risma JT Ahsan Fauzi dalam sambutan pembukaan menuturkan, gelaran akhir tahun di masjid dengan dialog dengan kyai itu diharapkan

menjadi wahana untuk intropeksi diri, refleksi menuju perubahan kehidupan yang baik di tahun 2012. Selain refleksi, juga dilangsungkan pengukuhan anggota baru Risma JT angkatan VII. Seusai pengukuhan, anggota baru Risma JT mendapat pembekalan motivasi organisasi oleh Sekretaris Umum PKC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jateng M Muslihan. Seraya menunggu datangnya detik-detik tahun baru 2012, Muslihan mengajak para anggota baru Risma JT agar menjadi generasi muda yang memiliki tanggung jawab dan kapasitas dengan berpegang teguh pada tiga pilar. Pertama memiliki keyakinan yang kuat (al-aman al-amik) Kedua memiliki kecerdasan, kemampuan, kecermatan (attaqwim addakhiq.) Ketiga pantang putus asa, senang kerja keras dan kontinyu,( al-amal almutawatsil). “Mari kita menjadikan tahun ini sebagai tahun kebangkitan. Mari tempat diri kita menjadi generasi yang berkualitas, dengan membangun pribadi yang sebaik-baiknya,” tempaa dia selayak motivator bisnis. (moi/rif)

Suami Kembali ... Betapa sedihnya hati Mahmud. Bahkan ia terkena depresi, dan sempat dibawa ke psikiater oleh keluarganya. Tujuh tahun Mahmud menduda. Dan ia tak punya pikiran untuk menikah lagi. Sampai suatu ketika ia berjalan-jalan di kawasan Simpang Lima dengan anaknya yang telah berumur dua belas tahun. Tanpa sangka!, ia bertemu mantan istrinya. Wajah Maryam masih cantik seperti dulu, meski tanpa balutan make up apapun. Pertemuan itu membuat keduanya langsung teringat masa-masa indah bersama. Senyam-sanyum dan saling tertawa mereka, di tempat umum tersebut. Cinta lama bersemi kembali (CLBK), itulah pepatah yang tepat untuk menggambarkan keduanya. Lantas, mereka menjalin hubungan lagi. Sering

telepon-teleponan. Dan dari situlah Mahmud tahu kalau Maryam tidak menikah dengan lelaki lain pasca ia cerai dulu. Alasannya karena trauma dan masih mencintai Mahmud. Mahmud menyesal telah menceraikan wanita yang tulus mencintainya tersebut. Ia bertekad akan memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan. Namun karena ingat ketidaksukaan keluarganya, disampaikan dahulu keinginan tersebut. Awalnya kerabatnya menolak. Tapi setelah mendengar alasan Mahmud, luluh juga hati mereka. Kemudian ia sampaikan hal tersebut kepada Maryam. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Keduanya lalu mengurus akta cerai. Setelah itu melaksanakan akad baru di KUA terdekat. (ichwan)

Menurut Sekretaris KP2KKN Jateng Eko Haryanto, selama 2011, total ada 102 kasus korupsi di Jateng. Tersebar di 33 kabupaten dan kota. Rata-rata per kabupaten memiliki 3 (tiga) kasus korupsi yang melibatkan pejabat setempat dengan APBD menjadi ladang korupsinya. Secara total, kerugian negara mencapai Rp 142 miliar. Dari semua kasus korupsi yang ada, tiga besar jumlah kasus korupsi adalah pada sektor infrastruktur (35 kasus), bantuan sosial (25 kasus), dan anggaran daerah (22 kasus). Tiga besar pos anggaran yang dikorup masingmasing sektor infrastruktur, perbankan, dan sektor pendidikan. Sektor infrastruktur pemerintah mengalami tekor sebanyak Rp 62 miliar. Di sektor perbankan sebanyak Rp 21 miliar, sementara di sektor pendidikan Rp 20 miliar amblas di perut koruptor. Pelayanan Semarang Terburuk Kota Semarang sendiri pada 2011 menempati peringkat teratas penyakit korupsi di Jateng. Kajian Pusat Studi Antikorupsi Universitas 17 Agustus 1945 mencatat 11 kasus korupsi yang terungkap dan sampai ke persidangan. Kerugian yang diderita negara mencapai Rp 140 miliar (belum termasuk kasus terakhir, penyuapan pemerintah Kota Semarang kepada anggota DPRD sebesar Rp 5 miliar). Disusul Pemerintah Salatiga dengan 8 kasus korupsi menempati peringkat kedua. Sementara di peringkat ketiga diduduki pemerintah Kabupaten Sukoharjo dengan 7 kasus. Bukan hanya korupsi, survei dari KPK 2011, Semarang juga masuk sebagai kota dengan pelayanan publik terburuk ketiga di seluruh Indonesia. Tertangkapnya Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Akhmad Zaenuri bersama dua anggota DPRD Kota Semarang, Agung PS dari Fraksi PAN dan Sumartono dari Fraksi Demokrat oleh KPK beberapa waktu lalu adalah satu dari sekian bukti bahwa integritas pejabat di Kota Semarang patut dipertanyakan. Ketiga pejabat penting tersebut diseret KPK atas kasus dugaan suap dalam pembahasan Rancangan APBD 2012. Kondisi penegak hukum di Jateng juga masih sangat memprihatinkan. Sepanjang 2011, sebanyak 23 jaksa di lingkungan Provinsi Jateng dijatuhi berbagai sanksi karena melakukan pelanggaran aturan dan etika. Satu orang di antaranya dipecat. Tahun ini, Kejati Jateng menangani sebanyak 245 kasus korupsi. Secara rinci, 29 kasus dalam tahap penyelidikan, 129 kasus dalam tahap penyidikan, dan 87 kasus dalam tahap penuntutan. Sedikitnya ada empat kasus korupsi yang menonjol selama 2011 berhasil diungkap. Di antaranya kasus

korupsi Bupati Tegal nonaktif Agus Riyanto, mantan Walikota Magelang Fachriyanto, mantan Bupati Sragen Untung Wiyono, dan kasus dugaan kredit bermasalah di Bank Jateng, mampu terbongkar. Menurut Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Jateng Ali Mukartono, penyelamatan uang negara masih jauh dari target. Kejati baru berhasil mengembalikan uang negara sebesar Rp 3,5 miliar. Pasalnya, uang negara yang seharusnya direbut dari koruptor adalah sebesar Rp 50 miliar. Butuh “Raja Tega” Kapolda Jateng Irjen Didik Triwidodo menegaskan, menindak kasus korupsi, kepolisian membutuhkan penyidik yang “Raja Tega” dalam konotasi yang baik. “Sebab, yang bakal dihadapi bisa jadi teman sendiri,” katanya. Maka komitmen untuk bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme mustahil diwujudkan jika tanpa adanya pemimpin yang berani, tegas, bermoral dan profesional. Dibuktikan, pada 2011 Polda Jateng bertindak tegas terhadap anggotanya yang melakukan pelanggaran. Sedikitnya ada 16 polisi dipecat dari jajaran Polda Jateng. Mereka dipecat atau diberhentikan dengan tidak hormat karena terbukti melakukan tindak pidana dan desersi. Dari 16 anggota yang dipecat, 10 anggota di antaranya melakukan tindak pidana dan sisanya meninggalkan tugas tanpa ijin (desersi). Rincian jumlah tindakan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota polri jajaran Polda Jateng dalam kurun waktu satu tahun antara lain pelanggaran tata tertib sebanyak 1.747. Pelanggaran itu dilakukan oleh perwira menengah sebanyak 45, perwira pertama 66, bintara 1600 dan PNS 36. Adapun pelanggaran disiplin sebanyak 482 dengan rincian dilakukan perwira menengah 7, perwira pertama 49, bintara 421 dan PNS 5. Angka kriminalitas di Jateng pada 2011 mengalami kenaikan sebesar 15 persen. Pada 2010 terdapat 17.094 tindak kriminal, sedangkan 2011 naik menjadi 19.662 tindak kiriminal. Selama 2011, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng mencatat sebanyak 86 pejabat dinyatakan menjadi tersangka korupsi. Sedikitnya 78 kasus di antaranya telah ditangani. Polda mengklaim, kerugian negara hingga Rp 34.612.637.000 bisa direbut. Jumlah tersebut meningkat dibanding 2010. Naik sekitar 143%. Jumlah kasus di 2010 tercatat 32 kasus dengan jumlah tersangka korupsi 31 orang. Kerugian negara sekitar Rp 23.693.274.000 di tahun lalu. (rif)

Daftar Kepda ... 6. Mantan Bupati Boyolali Djaka Srijanto tersangka dugaan korupsi pengadaan Buku Paket BP (Balai Pustaka) APBD Perubahan TA 2003 dan APBD TA 2004 dengan jumlah kerugian keuangan negara Rp 8,7 miliar. 7. Mantan Bupati Demak Endang Setyaningdyah terdakwa dugaan penyelewengan penggunaan dana APBD sebelum ada penetapan Perda 2006 senilai Rp 2,1 miliar (atau kasus dugaan pemotongan dana bantuan desa/kelurahan dalam APBD 2006). Dalam persidangan di PN Demak terdakwa mantan Bupati Demak ini dibebaskan oleh Majelis Hakim pada saat ini kasus ini masih dalam proses Kasasi di MA. 8. Mantan Bupati Kendal Hendy Boendoro terpidana korupsi APBD TA 2003 dengan modus penyalahgunaan dana APBD TA 2003 dari pos Dana Tak Tersangka (DTT); Dana Alokasi Umum (DAU); Dana Pinjaman Daerah dari BPD Cabang Kendal senilai Rp 47,0 miliar. 9. Mantan Bupati Klaten Haryanto Wibowo (sudah meninggal dunia) tersangka dugaan korupsi proyek pengadaan Buku Pokok SD/MI, APBD TA 2003, 2004 senilai Rp 13,8 miliar dan tersangka dugaan korupsi perjalanan dinas Bupati ke Jepang senilai Rp 123 Juta (duplikasi anggaran). 10. Mantan Bupati Purworejo Marsaid terpidana korupsi pembobolan dana APBD 2004 senilai Rp 5,5 miliar dan kasus dugaan korupsi pengadaan Buku Perpustakaan APBD TA 2000/2004 senilai Rp 4,6 miliar. 11. Mantan Bupati Purworejo Kelik Sumrahadi terpidana korupsi Dana Fasilitasi APBD 2006 senilai Rp 2,5 miliar. 12. Mantan Bupati Semarang/Ungaran Bambang Guritno terpidana korupsi pengenaan fee terhadap rekanan dalam pengadaan Buku SD/MI tahun 2004 senilai Rp 620 juta. 13. Mantan Walikota Semarang Sukawi Sutarip tersangka dugaan korupsi APBD Kota Semarang TA 2004 (kasus dana komunikasi) senilai kurang lebih Rp 5 miliar (kasus ini di SP3 oleh Kejati Jawa Tengah). 14. Mantan Walikota Surakarta Slamet Suryanto terpidana korupsi Anggaran Biaya Tambahan (ABT) TA 2003 senilai Rp 6,9 miliar dan tersangka dugaan korupsi pengadaan Buku Ajar terbitan BP Kota Solo TA 2003 senilai Rp 3,7 miliar. 15. Mantan Bupati Sukoharjo Bambang Riyanto tersangka dugaan korupsi pengembalian 40 sepeda motor untuk Anggota DPRD periode 1999 – 2004 senilai Rp 470 juta. 16. Mantan Bupati Temanggung Totok Ary Prabowo terpidana

kasus korupsi Dana Bantuan Pemilu 2004 sebesar Rp 6,5 miliar dan tersangka kasus dugaan korupsi Dana Pendidikan Putra Putri Anggota DPRD Temanggung senilai Rp 1,8 miliar (sekarang buronan). MA memvonis Totok AP 4 tahun penjara dalam kasus korupsi Dana Pemilu. 17. Mantan Bupati Wonosobo Trimawan Nugrohadi MSi terpidana kasus korupsi proyek pengadaan mobil pemadam kebakaran Dinas Perkerjaan Umum (DPU) tahun 2003 senilai Rp 786,5 Juta dan tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan Buku Wajib BP (Balai Pustaka) SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK TA 2004 – 2005 Kabupaten Wonosobo senilai Rp 7,3 miliar. 18. Mantan Bupati Rembang H Hendarsono terpidana kasus korupsi APBD TA 2005 sebesar Rp 6,8 miliar. 19. Mantan Walikota Tegal M Zakir (periode 1995 – 2000) terpidana korupsi proyek ganti rugi tanah Polsek Tegal Selatan (19997 – 1998), proyek Dasawisma (1998 – 1999), proyek penanggulangan dampak kekeringan dan masalah ketenagakerjaan (1997-1998) keseluruhannya dengan kerugian keuangan negara Rp 73,3 juta. 20. Mantan Walikota Megelang Fahriyanto telah ditetapkan sebagai tersangka dalam 5 kasus dugaan korupsi dalam kasus: Pembangunan Sport Center (Stadion Madya) di Sanden – Magelang Selatan senilai Rp 11 miliar; Dugaan Korupsi Pengadaan Buku Paket (Balai Pustaka/BP) TA 2003 senilai Rp 2 miliar; Dugaan korupsi Dana Tak Tersangka (DTT) APBD Kota Magelang senilai Rp 470 juta, Kasus dugaan korupsi pengadaan alat berat jenis Buldoser Tahun Anggaran (TA) 2006 di Dinas Pengendalian Lingkungan Hidup (DPLH) Pemkot Magelang, dan Kasus Dugaan Korupsi Dana Asuransi Jiwa APBD 2002 – 2004. 21. Mantan Bupati Cilacap Probo Yulastoro terpidana kasus korupsi APBD 2004 – 2008 senilai Rp 21,8 miliar dan tersangka dugaan korupsi Simpedes (Sistem Informasi Pemerintahan Desa) senilai Rp 6,8 miliar. 22. Mantan Wakil Bupati Karanganyar Sri Sadoyo Harjo Migoeno terpidana dalam kasus korupsi APBD TA 2001 – 2002 senilai Rp 2,9 miliar. 23. Mantan Wakil Bupati Pati Kotot Kusmanto tersangka dalam kasus dugaan korupsi APBD 2003 pada pos pembiayaan LPj tahun 2002 dan pos bantuan kepada pihak ketiga senilai Rp 1,9 miliar. (Sumber: KP2KKN Jawa Tengah)

oase

8

SELASA, 3 Januari 2012

wilayah Boja, sebuah dusun kecil di pinggiran di in ma iba a-t tib a Jav n Va Opera uran, terhibur -orang kampung yang haus hib Kendal. Aksi mereka bikin orang dan terpingkal-pingkal.

n a d e g N ” J “OV

di Lereng Medini Selain sepasang actor-aktris tersebut, naskah lakon yang ditulis Heri CS itu menampilkan sejumlah pemain lain, yaitu Yanto (Juragan Broto), Sigit Irawan (Pengawal 1), Sukandar (Pengawal 2), Widi (Parjo), Nani (Sumi), Andina Deviani S (Parni), dan Prastowo yang memerankan Terep. Lima Penyanyi Tak ingin terkesan tanggung, jika dalam OVJ di televisi ada dua sinden yang menyanyi di sela pergantian adegan, maka dalam pentas yang disutradarai oleh Benu Hidayat ini juga menampilkan lima anak perempuan yang menyanyikan lagu melalui piano tiup. Mereka masingmasing adalah Wahyu Suryani, Nana Anggraeni, Dika Vira Oktavia, Tri Suryani, dan Rina. Koordinator Komunitas Sanggarhati Heri CS mengatakan, pentas ini merupakan pentas ke-7 yang dilakukan oleh Sanggarhati sejak berdiri pada 2007 silam. Kegiatan ini sebagai wadah anak-anak di kampung untuk berkreasi dan berkarya. Menjauhkan kemasan

ng kampung

hura-hura dalam menyambut tahun baru. “Kami ingin menghibur warga kampung yang masih haus hiburan, sekaligus merangsang warga untuk menciptakan kreasi hiburan sendiri di tengah gempuran hiburan televisi,” tandasnya. Sebelum pementasan, acara menyambut pergantian tahun tersebut juga dimeriahkan baca puisi oleh M Alif

Haidar, Dwi Lestari, dan Sigit Irawan. Selain itu, juga ada tari kreasi anak-anak, menyanyi, dan pameran puisi tempel karya Sigit Irawan, penyair setempat. Pentas berakhir pada sekitar pukul 23.45, dilanjutkan dengan acara doa bersama menyongsong Tahun Baru 2012. (sna/dnr)

Xtraligi Semarak Gebyar Tahun Baru

Hujan, Gedongsongo Tetap Disesaki Pengunjung

Al Zastrouw, Ki Enthus, dan Letto Memukau XTRALIGI Semarak Gebyar Tahun Baru yang digelar di Alun-alun Demak, Sabtu (31/12) malam lalu dipadati ribuan muda-mudi. Deretan artis papan atas macam Letto, Dara KDI, hingga grup musik religi gamelan Ki Ageng Ganjur yang dimotori Al Zastrouw Ngatawi, menghibur warga Kota Wali. Tak hanya itu, penonton juga disuguhi penampilan dalang kondang Ki Enthus Susmono dan lantunan suara pengasuh Ponpes Soko Tunggal Semarang Gus Nuril Arifin. “Menyambut tahun baru di Bumi Demak, kami sajikan tausiyah ulama hingga nyanyi bareng lagu-lagu cinta,” jelas Show Director Al Zastrouw Ngatawi.

Bupati Tafta Zani me

Acara menyambut pergantian tahun ini juga dihadiri Bupati H Tafta Zani, Wakil Bupati HM Dachirin Said, Ketua MUI HM Asyiq, para ulama dan muspida. Kelompok musik gamelan Ki Ageng Ganjur saat membuka acara dengan mengajak penonton melantunkan sholawat, sebagai tanda kecintaan pada Rasulullah. Penonton yang rata-rata generasi muda, tak canggung turut bersholawat ketika Dara KDI memilih melantunkan Sholawat Nariyah diiringi rampak perkusi dan tetabuhan gamelan ala Ki Ageng Ganjur. Selanjutnya, sodoran pesan-pesan Ki Dalang Enthus yang menyoal muasal manusia. “Manusia tak boleh lupa pada Sang Pencipta. Masjid Agung Demak menjadi pertanda bagaimana Walisongo dulu berjuang membuat bangunan tempat ibadah untuk dipakai mendekatkan diri pada Allah SWT,” teriak Ki Enthus. Menurut dalang asal Tegal ini, menyambut

tahun baru di tempat berada tidak jauh dari Masjid Agung Demak, diperlukan perenungan perbuatan baik di tahun 2012. Usai dalang kondang itu menyampaikan tausiyah, giliran Gus Nuril Arifin mengajak penonton menikmati guyuran lagu bernuansa islami berjudul Taman Pesantren, repertoar yang salah satunya dibuat untuk mengenang almarhum Gus Dur yang dikenal sebagai bapak bangsa. Puncak perhelatan Xtraligi Semarak Gebyar Tahun Baru dimeriahkan aksi grup musik asal Yogyakarta, Letto Band yang menggelontorkan sejumlah tembang lawas, namun disajikan apik: Ruang Rindu, Sampai Nanti Sampai Mati, Sandaran Hati dan lainnya. Sebelumnya, Bupati H Tafta Zani berkesempatan meresmikan videotron yang terletak di kompleks Alun-alun Demak. Pesta menyambut tahun baru ini ditutup gebyar kembang api, tepat di saat pergantian tahun. (swi/dnr) “FUNKYHOLIC”, funky house untuk hall dan dimeriahkan oleh Inzomnia band dari Jakarta bisa dinikmati mulai 20.00-03.00, bebas tiket masuk untuk Ladies, dapatkan promo cukup dengan Rp 80.000 nett dapat menikmati SQ cocktail sepuasnya, room karaoke diskon 50% buka mulai jam 13.00-20.00.***

nyapa pengunjung YA

HARSEM/SUKMA WIJA

Kelik Bikin Pejabat Terbahak BUPATI Widya Kandi Susanti memberikan penghargaan Bupati Award pada perayaan tutup tahun di Kabupaten Kendal, Sabtu (31/12). Acara cukup meriah karena dihibur dengan musik campursari pimpinan Kelik Pelipur Lara. Semua tamu undangan dibuat terbahak oleh Kelik Pelipur Lara. Karena dengan lagu-lagu dan banyolannya, Kelik sanggup bikin semua orang yang ada di dalam pendopo tertawa terpingkalpingkal. “Kamu ini saya tanggap, kok malah kamu menanggap saya,” kata Widya Kandi saat digoda banyolan Kelik. Kalau di dalam pendopo ada Kelik Pelipur Lara dan grup campursarinya, di Alun-alun Kendal, grup musik rock dan dangdut lokal Kendal juga beraksi menghibur ribuan masyarakat. Meski pun penonton sedikit ricuh, hiburan yang menghadirkan penyanyi tamu dari Jawa Timur tersebut, berlangsung sangat meriah.

Bupati Widya juga sempat menyumbangkan beberapa lagu untuk masyarakat. Pesta kembang api, selama kurang lebih setengah jam, menjadi puncak acara hiburan tersebut, setelah sebelumnya Wakil Bupati Mustamsikin memimpin doa penutup akhir tahun 2011. Bupati Award Di sela-sela perayaan, Bupati Widya Kandi Susanti menyerahkan penghargaan kepada tiga wartawan, satu LSM, satu eksekutif, dan seorang tokoh pembangunan. Tujuan pemberian penghargaan berlabel Bupati Award tersebut, untuk memberi motivasi kepada wartawan dan masyarakat serta eksekutif supaya bisa bekerja lebih baik untuk Kendal Maju. “Semoga penghargaan ini bisa memotivasi semuanya. Wartawan, masyarakat, LSM, dan eksekutif,” kata Widya. Bupati Widya menegaskan, Kabupaten

Bupati Widya Kandi Susanti menyerahkan Bupati Award Kendal sekarang ini sudah semakin kondusif dan membaik di bidang pembangunannya. Demo-demo sudah bisa diminimalisasi, pembangunan seperti pembangunan pelabuhan di Kaliwungu juga sudah mulai dilanjutkan. Bahkan sebentar lagi, pelabuhan tersebut sudah bisa dioperasionalkan. “Semoga ini adalah awal untuk

FOTO-FOTO: HARSEM/DWI NR

RT Pun Pesta Kembang Api

Warga menikmati pesta kembang api

HARSEM/DOKUMENTASI

OBYEK Wisata Candi Gedongsongo tetap menjadi tempat favorit warga Kabupaten Semarang dan sekitarnya untuk menunggu malam pergantian tahun. Sabtu (31/12) malam ribuan warga memadati area wisata tersebut meski harus menahan dinginnya udara di sekitar lereng Gunung Ungaran ini. Keramaian pengunjung di Obyek Wisata Gedongsongo, juga masih tampak pada Minggu (1/1) pagi hingga siang hari. Bahkan jumlah pengunjung diperkirakan melebihi tahun sebelumnya, hingga menimbulkan kemacetan arus lalulintas. “Setahun sekali saya sempatkan menikmati malam pergantian tahun di sini (Gedongsongo -red). Walau harus berhujan-hujanan dan berdingin-dinginan, saya tetap ke sini. Karena belum tentu pada malam tahun baru berikutnya masih bisa menikmati keindahan panorama Candi Gedongsongo di malam hari,” kata Hariyanto, warga Sendangmulyo, Tembalang, Semarang yang datang bersama keluarganya. Eko Susanto (37), warga Banyumanik, Semarang juga mengaku hal yang sama. Baginya merayakan malam pergantian tahun di Gedongsongo memiliki makna lebih dibandingkan tempat lainnya. Alasannya, di tempat tersebut merupakan lokasi paling tepat untuk melakukan perenungan diri. “Gedongsongo merupakan lokasi paling indah untuk melakukan perenungan diri. Hampir setiap tahun saya merayakan malam tahun baru di sini,” ucapnya. Supandi (46), salah seorang penjaga tiket Obyek Wisata Candi Gedongsongo menyatakan, meski harga tiketnya mengalami kenaikan dibandingkan pada hari biasa, pengunjungnya tetap padat. Bahkan banyak pengunjung yang berkemah di bumi perkemahan yang berada di sekitar kawasan candi. Dan hampir setiap tahun selalu terjadi kenaikan jumlah pengunjung. ”Jumlah detilnya saya belum tahu, yang pasti mencapai ribuan orang. Bahkan setiap tahun selalu mengalami peningkatan,” terangnya. Menurut dia, dengan membludaknya pengunjung pada malam perayaan tahun baru membuat pengelola Candi Gedongsongo harus bekerja ekstrakeras. Pengamanan melibatkan petugas keamanan dari kepolisian. ”Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung, Dinas Pariwisata telah bekerjasama dengan pihak Polres Semarang dan Dinas Perhubungan,” terangnya. (nino/dnr)

Adegan “OVJ” ala wo

HARSEM/SOKHIBUN NI’AM

B

ANYOLAN-banyolan ala Opera Van Java (OVJ) meruah dan ngedan di Lereng Medini, tepatnya di Dusun Slamet, Desa Meteseh, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, pada malam pergantian tahun, Sabtu (31/12) lalu. berbumbu rayuan “gombal” khas Andre ialog Dialog-d Taulani dan kawan-kawan, serta adegan edan-edanan menggunakan properti dari bahan styrofoam khas OVJ tersebut mampu mengocok perut para penonton. Ya, puluhan penonton malam itu nyaris tidak berdaya untuk tidak tertawa meskipun pentas OVJ tersebut bukan dimainkan oleh Andre Taulani, Parto, Sule, Nunung, dan Aziz, tapi dimainkan oleh anak-anak Teater Sanggarhati yang mementaskan lakon Juragan Broto. “Bapakmu penjual tabung elpiji ya?” tanya dalang OVJ yang diperankan Benu Hidayat kepada Martini, seorang gadis penjual gorengan yang dimainkan Susi Awalia. “Kok tahu?” jawab Martini. “Karena kau telah meledakkan hatiku,” ujar Dalang yang langsung disambut gelak tawa penonton.

TERINSPIRASI gempita menyambut pergantian tahun, warga RT 3/RW 8 Perumahan Pondok Brangsong Baru, Kendal, pun tak mau ketinggalan. Dengan modal patungan sukarela antarwarga, mereka menggelar pesta kembang api yang terbilang ”mahal”, Sabtu (31/12) malam lalu. Puluhan kembang api raksasa dengan daya ledak-pancar kuat, membuat suasana langit di atas sepetak wilayah itu menyala warna-warni. Pesta kembang api itu menjadi puncak acara, yang sebelumnya diisi dengan doa bersama, serta makan-makan sambil karaoke-an dengan dvd projector yang dipapar ke layar putih berukuran besar di dekat gedung serbaguna RT. “Sekali-sekali berpesta. Semua demi keguyuban Berkaraoke ria sambil dan kebahagiaan seluruh warga RT 3, juga warga menikmati hidangan lain yang turut bergabung. Semoga ini bisa menjadi doa sekaligus penyemangat untuk lebih baik dan sukses di tahun 2012,” ujar Ketua RT Hanif Nugroho, yang malam itu juga berbaik hati membagikan doorprize berupa 20 bingkisan berisi handuk dan barang pecahbelah, bagi warga yang beruntung. (dnr)

kemajuan Kabupaten Kendal, sehingga Kendal bisa dikenal di seluruh Indonesia dan internasional,” harap Widya. Tiga wartawan yang mendapat penghargaan Bupati Award adalah Slamet Priyatin (Tabloid Cempaka), Agus Umar (Wawasan), TVRI, Nunuk Sarah Zenuba (PNPM), LSM Patiro, dan Sutiyono (Dinsosnakertrans). (ono/dnr)

SELASA, 3 Januari 2012

JAWA TENGAH

Walikota Jokowi Naik Esemka SETElAH memasang plat nomor AD 1 A pada mobil bermerek Esemka, Walikota Solo Joko Widodo (Jokowi) coba mengendarai mobil buatan siswa SMK itu di Balaikota, Solo, kemarin. Agar booming, mobil buatan anak bangsa ini, diminta banyak orang untuk menjadi kendaraan dinas pejabat pemerintahan.

Mobil sumbangan SMK Warga dan SMK 2 bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan tersebut akan digunakan Walikota dan Wakil Walikota sebagai mobil dinas untuk bertugas sehari-hari sebagai bentuk penghargaan atas prestasi siswa. Jokowi berjanji akan membantu pemasaran produk mobil tersebut. (dnr)

Karang Taruna Atasi Bencana

Sebagai bentuk kepedulian sekaligus dukungan terhadap penanganan bencana, Karang Taruna melakukan langkah sigap dalam mengatasi bencana dan para korbannya.

M

EMASUKI 2012, bencana terjadi di mana-mana, termasuk di Jateng. Namun dari beberapa waktu belakangan, bencana yang sering kali menimpa rakyat adalah tanah longsor serta banjir yang diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi. Sejumlah daerah pun tak luput menjadi daerah rawan bencana akibat cuaca ekstrim tersebut. Misalnya saja tanah longsor di Demak dan Wonosobo, serta banjir yang melanda Losari-Brebes, Sukoharjo-Solo, Pekalongan, dan daerah lainnya. “Harusnya BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah – red) itu menjadi instansi yang bisa menanggulangi datangnya bencana tersebut, bukannya baru menangani setelah kejadian bencana tersebut terjadi. Jadi dari jauh-jauh hari seharusnya sudah bisa mengantisipasi,” kata Anggota Komisi E DPRD Jateng Slamet Efendi, yang juga Ketua Karang Taruna Jateng. Di sela-sela kunjungannya ke daerah yang terkena bencana tanah longsor dan banjir di Dukuh Karangmoncol, Windurejo, Kesesi, Pekalongan, akhir pekan lalu, Slamet meminta pemerintah untuk segera bertindak dan datang

HARSEM/DOKUMENTASI

Ketua Karang Taruna Jateng Slamet Efendi mendatangi daerah bencana tanah longsor dan memberikan bantuan kepada rakyat yang menjadi korban ke lokasi bencana serta memberikan bantuan pertolongan kepada para korban bencana yang terjadi. “Dari Karang Taruna sendiri sudah menyiapkan sebanyak 350 personel, yang diterjunkan dalam rangka antisipasi

bencana di Jateng ini. Masing-masing 10 orang disebar di 35 kabupaten/kota yang ada di Jateng, dan akan terjun langsung membantu manakala ada kejadian bencana,” jelasnya. Di sisi lain, Slamet juga meminta

kepada seluruh warga masyarakat yang tinggal di sekitar daerah rawan bencana banjir atau tanah longsor untuk lebih hati-hati dan meningkatkan kewaspadaan, terutama ketika turun hujan lebat. (hep/dnr)

Desa Mulyoharjo, Jepara

“Desa Wisata Industri Kreatif” PEMERINTAH Kabupaten Jepara, Minggu (1/1) lalu mencanangkan Desa Mulyoharjo, Kecamatan Kota, Jepara, yang merupakan sentra kerajinan patung dan ukir sebagai Desa Wisata Industri Kreatif. Pencanganan yang dilakukan di SD 5 Mulyoharjo ini dihadiri Bupati Hendro Martojo, Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Inf DK Subandi, serta para calon bupati dan wakil bupati Ahmad Marzuqi, Khaeron Syariefudin, dan Aris Isnandar, serta masyarakat desa setempat. Menurut Ketua Organisasi Centra Industri (OCI) Jepara Purwanto, untuk mendukung pencanangan Desa Mulyoharjo sebagai Desa Wisata Industri Kreatif, sudah dipersiapkan sejak lama, salah satunya membangun budaya masyarakat menciptakan kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar, serta menciptakan suasana nyaman dan ramah bagi pengunjung yang datang ke desa setempat. Sebelum pencanangan, sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui pertemuan rutin di tingkat desa, pemasangan spanduk maupun baliho di sejumlah lokasi strategis. Upaya lain, yakni melakukan pengukuhan kelompok sadar wisata dan kegiatan lain yang mendukung upaya desa ini layak menjadi Desa Wisata Industri Kreatif.

Permusyawaratan Desa setempat, serta OCI, dan Koperasi Kopatria Mulyoharjo,” ujarnya.

HARSEM/ISTIMEWA

Para perajin kayu di Desa Mulyoharjo, Jepara. Desa ini telah dicanangkan sebagai Desa Wisata Industri Kreatif Adapun jenis kerajinan yang ditekuni warga setempat, antara lain kerajinan ukir, relief, patung, dan kerajinan tangan lainnya. Jumlah perajin di Desa Mulyoharjo yang memiliki luas areal sekitar 2.500 hektare tercatat sebanyak 1.700 orang

dengan jumlah gerai sebanyak 163 unit. Dia berharap, warga mendukung penuh upaya sejumlah pihak memajukan desa ini agar tingkat kesejahteraan warga juga meningkat. “Apalagi, keputusan ini juga hasil rapat bersama, antara pemerintah desa dengan Badan

Bantuan Pemprov Desa Mulyoharjo juga mendapatkan bantuan dari Pemprov Jateng, berupa 10 unit kompresor, gerinda tangan dan duduk senilai Rp 99 juta. Bupati Hendro Martojo berharap, pencanangan Desa Wisata Industri Kreatif ini diikuti dengan pembentukan lembaga yang berperan sebagai pusat informasi, serta dibentuknya laman yang bisa diakses semua orang. “Mudah-mudahan, masing-masing perajin saling menghormati serta tidak melakukan tindakan yang bisa merugikan pihak lain, seperti saling banting harga produk kerajinan,” ujarnya, seraya meminta semua pihak tetap menjaga kearifan lokal dan pengembangan kesenian lokal yang lain. Terkait dengan pencanangan tersebut, Kabid Pengembangan dan Pengelolaan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Zamroni Lestiaza mengemukakan, kesiapannya mempromosikan Desa Mulyoharjo kepada masyarakat luas agar lebih dikenal lewat berbagai media, salah satunya ajang pameran yang biasanya digelar di berbagai daerah tingkat lokal dan nasional. (dnr)

HARSEM/ISTIMEWA

AY

MBANGUN

Mendesak, Penyiapan Pramuwisata KAlANGAN DPRD Jateng mendesak agar perda pramuwisata untuk segera direalisasikan. Apalagi perda tersebut sudah disahkan pada Oktober 2011 lalu, sehingga tidak perlu harus menunggu setahun setelah disahkan untuk diwujudkan. “Ini kan sudah masuk 2012, berarti program Visit Jateng 2013 kan tinggal setahun lagi. Lha kalau baru direalisasikan mendekati 2013 akan sangat mepet sekali waktunya, dan sangat tidak mungkin bagi para pramuwisata tersebut menguasai semua yang akan disajikan dalam program tersebut,” kata Anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen Adv. Oleh karena itu, Zen mendesak Disbudpar untuk segera memulai realisasi perda tersebut dan memperbanyak jumlah pramuwisata Jateng. Apalagi sekarang ini jumlahnya tidak sebanding dengan destinasi wisata yang ada. “Harusnya dari Januari ini sudah bisa dirintis pelaksanaannya, sehingga sampai akhir 2012 nanti Jateng sudah memiliki cukup pramuwisata. Untuk saat ini saja di Jateng baru ada 271 pemandu wisata, padahal untuk menyukseskan Visit Jateng 2013 kita paling tidak membutuhkan sekitar 2.000 pemandu wisata,” tuturnya. Politisi dari Fraksi PKB tersebut sangat mewantiwanti agar jangan sampai program tahun kunjungan wisata yang diandalkan Jateng tersebut gagal dalam pelaksanaannya. Karena hal tersebut menyangkut harga diri Jateng dalam menyukseskan pariwisata di Indonesia. Beberapa destinasi wisata andalan Jateng, di antaranya Semarang-Karimunjawa, BorobudurPrambanan, Cilacap-Pangandaran dan Solo-Sangiran. Zen berharap Disbudpar ke depan bisa menggaet lulusan perguruan tinggi (PT) yang memiliki jurusan pariwisata seperti Unnes Semarang, Undip, Stiepari Semarang, serta SMK yang membuka jurusan pariwisata dalam mewujudkan perda tersebut. (hep/dnr)

PNPM Pekalongan Gelar Festival Durian TIM Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah akan menggelar Festival Durian dan Arung Jeram 2012 di Lapangan Perkemahan Asri Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Minggu (8/1) mendatang. Panitia dan Fasilitator PNPM Pariwisata Kabupaten Pekalongan, Mujahidin di Pekalongan, Minggu (1/1) lalu mengatakan, kegiatan festival tersebut sebagai upaya mempromosikan durian lokal dan kunjungan wisatawan ke daerah setempat. “Pada Festival Durian ini, kami akan menyediakan sekitar 1.500 durian unggulan dari hasil perkebunan warga Desa Lolong,” ujarnya. Mujahidin menambahkan, adapun jenis durian yang akan disajikan itu, antara lain durian raja, dampit, dan petruk dari perkebunan milik warga Desa Lolong. ”Jenis durian raja ini mempunyai rasa pahit, manis, berwarna kuning bulat dan biji kecil. Adapun durian dampit punya khas rasa manis, ngetan, warna kuning, sedangkan durian petruk kuning tebal, besar panjang, dan legit,” ungkapnya. Para pengunjung festival akan dikenai tarif masuk sebesar Rp 50 ribu per orang dan mereka bisa makan durian sepuasnya yang telah disajikan panitia. ”Pengunjung bisa makan buah durian sepuasnya di lokasi festival tapi tidak diperkenankan membawa pulang ke rumah,” katanya. Menurut dia, kegiatan Festival Durian Desa Lolong tersebut sudah tiga kali dilaksanakan dan mendapat apresiasi dari para pengunjung, sehingga pada 2012 ini panitia kembali menggelar festival tersebut. ”Kami optimistis Festival Durian 2012 akan banyak dikunjungi wisatawan lokal dari daerah lain, karena selain bisa makan buah durian dengan sepuasnya, mereka juga akan disuguhi atraksi arung jeram yang digelar di Sungai Sengkarang,” paparnya. (dnr)

Bibit Nyalon Lagi Jika Rakyat Menghendaki

Gubernur Bibit Waluyo HARSEM/ISTIMEWA

PEMIlIHAN Gubernur Jateng yang bakal kembali dihelat pada 2013

mendatang membuat banyak pihak tertarik untuk turut serta mencalonkan

diri sebagai kandidat Jateng 1. Bahkan, memasuki 2012 ini sudah banyak kabar dari beberapa tokoh atau pihak yang disebut-sebut meramaikan bursa Pilgub 2013. Gubernur Bibit Waluyo saat dimintai komentarnya terkait isu pilgub, mengatakan, dirinya sangat terbuka dan mempersilakan siapa saja yang memang ingin mencalonkan diri sebagai Gubernur Jateng. “2013 nanti kan pergantian Gubernur Jateng, dan pasti banyak yang ingin menjadi gubernur. Bagi saya ya monggo saja, itu kan yang namanya demokrasi. Ning, nggak usah saling ngelekelek, saling menjatuhkan. Lebih baik maju dengan konsep masing-masing saja,” kata Gubernur Bibit di sela-sela pelantikan eselon II di Gradhika Bakti Praja, kemarin. Disinggung apakah dirinya pada 2013 mendatang kembali akan mencalonkan diri lagi sebagai Gubernur Jateng, Bibit mengungkapkan bahwa untuk hal itu

dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada rakyat. Dia menegaskan komitmennya menyelesaikan tanggungjawabnya saat ini sebagai Gubernur Jateng hingga 2013. “Itu terserah rakyat Jateng, kalau masih diinginkan, ya monggo terserah rakyat saja. Kalau ndak ya mboten noponopo. Tenan aku rak ono pikiran gelo, kecewa, dan saya tidak ada rekayasa apa-apa. Saya hanya nyambut gawe sampai 2013,” tandasnya. Bibit menambahkan, bagi dirinya yang terpenting sekarang ini adalah bekerja dan menjalankan tugas sebaik mungkin sebagai pemimpin rakyat Jateng sampai tiba waktu berakhirnya tanggungjawab yang diembannya pada 2013. Soal penilaian atas kinerjanya selama ini, diserahkan sepenuhnya kepada rakyat. “Kalau diakui baik ya alhamdulillah. Tapi kalau tidak, saya mohon maaf atas keterbatasan saya. Yang jelas tidak ada rekayasa,” tegasnya. (hep/dnr)

HARSEM/ISTIMEWA

Pengunjung bisa menikmati aneka durian

selasa, 3 Januari 2012

harian semarang

AGAM

10 5

pok kePSIS harian semarang

UKUM & KRIMINAL harian semarang

ITIS

4 16

harian semarang

LWALKOT

8

Datang untuk Menang FOTO-FOTO: HARSEM/INDRA PRABAWA

Hari-hari menjelang duel kontra PSS, Edy Paryono dan Unggul Virgolo, asistennya, mematangkan fisik dan teknik PSIS

Oleh Wikha Setiawan PSIS akan melakoni laga tandang melawan PSS Sleman di Stadion Maguwo Harjo Sleman, Jumat (6/1). Tak ada lain yang menjadi target anak-anak Semarang ini, selain demi meraih kemenangan.

K

aMI datang ke kandang lawan dalam kondisi siap bertarung demi kemenangan. Bagaimanapun kemenangan tetap menjadi target kami saat bertanding,” ujar pelatih PSIS

Edy Paryono usai melatih di Stadion Jatidiri, kemarin sore. Segala bentuk persiapan dialakukan secara rutin dalam latihan. Donny Siregar cs dibekali menu fisik, taktik, teknik, dan mental dengan tahapan yang sudah disiapkan pelatih yang akrab disapa EP ini. “Kami tidak memberikan menu latihan yang memberatkan pemain, tapi memang perlu ada pengembangan supaya kekuatan tim semakin matang,” lanjutnya. Kendati demikian, EP mengaku belum memastikan 18 pemain yang akan dibawa ke Sleman. Menurutnya, hal itu baru akan diputuskan hari ini sesuai dengan kesiapan dan kondisi pemain. “Kami belum bisa memastikan, karena masih akan kami lihat kondisinya setelah liburan tahun baru ini. Siapa yang paling siap itu yang akan kami bawa. Tapi kami berharap semua pemain dalam kondisi siap,” papar EP.

Divisi Utama

Berharap Tak Ada Gejolak Lagi KoMPeTISI Divisi Utama Liga Prima Indonesia 2011/2012 masih saja bergejolak. Memasuki pekan kedua dipastikan diikuti 28 klub, tapi ada perubahan baru pada pembagian grup yang dirilis 23 Desember lalu. Penyusunan yang berubah ialah Gresik United yang semula di grup I, pindah ke Grup III. Sedangkan Persis Solo pindah ke grup II dari grup II. Sembilan tim masing-masing mengisi grup I dan II, sementara grup II berjumlah 10 tim. Dari Jateng, tiga klub resmi membelot ke PT Liga Indonesia, Persiku Kudus, Persip Kota Pekalongan, dan Persitema Temanggung. Ketiganya sudah tak tercantum di daftar peserta. Karena inilah, PT LPIS kembali merevisi jadwal untuk yang kesekian kalinya. Pelatih PSIS Edy Paryono tidak mau ambil pusing mengenai perubahan pembagian grup. Terpenting, tidak mengganggu jalannya kompetisi, apalagi sampai terhenti. “Kami tidak mempermasalahkan jika perubahan tidak terlalu signifikan. Untuk persiapan teknis juga tidak terganggu. Kalau hanya beda satu dua hari tidak masalah,” kata pelatih PSIS Edy Paryono. Sementara itu, manajemen PSIR Rembang berharap tidak ada lagi gejolak di kompetisi akibat dualisme PSSI. Setelah isu KLB makin memanas, klub mau tidak mau masih akan mengalami situasi tak pasti. Saat ini, PSIR masih belum melakukan protes karena jadwal

masih realistis. “Sejauh ini memang baru dimundurkan saja jadwalnya. Kami berharap PSSI bisa mengondisikan yang terbaik bagi klub. Dengan kondisi yang masih chaos, kami juga cemas tapi kami tetap akan menjalani kompetisi,” tegas Manajer Tim PSIR, Siswanto. PSIR sendiri tak mau terlibat dalam dikotomi dua kubu, yakni PT LPIS yang diidentikan dengan konsorsium Arifin Panigoro, maupun PT LI yang dianggap sebagai manuver rezim lama. Apalagi, dualisme juga sampai ke tingkat induk, yakni PSSI versus KPSI. “Kami di tengah-tengah saja, yang penting kami mengikuti aturan PSSI. Soal ada tandingan kami menutup mata saja, semoga sepakbola Indonesia tidak makin kisruh,” lanjutnya. Tiga klub Divisi Utama Jateng yang membelot ke PT Liga Indonesia juga tetap tak bergeming. Apalagi, munculnya KPSI sebagai tandingan PSSI dinilai bisa memayungi klub LSI maupun Divisi Utama. Manajemen Persiku Kudus siap menjadi klub yang mendukung berjalannya kompetisi sesuai statuta dan Kongres Bali. “Kami tidak takut disanksi, justru kami berharap dengan mayoritas anggota PSSI yang menginginkan KLB, kompetisi PSSI akan kembali seperti jalur semestinya. Kita tinggal memperbaiki yang kurang saja, asalkan sesuai aturan,” tandas Direktur PT Kudus Muriatama, Heru MS. (wig/rif)

Sebenarnya, sambung EP, mayoritas pemain sudah siap, tinggal perlu disesuaikan dengan kebutuhan untuk melawan PSS. “Ya, harus disesuaikan dengan kebutuhan. Setiap tim memiliki karakter yang berbeda, kami harus menyiapkan itu dengan baik,” katanya lagi. Selain itu, pelatih berkacamata minus ini juga belum memastikan strategi yang akan diterapkan timnya. Pastinya, para pemainnya sudah banyak dibekali berbagai macam strategi tempur. “Kami lihat nanti, kami tidak mau memaksa untuk selalu menyerang dan juga tidak mau hanya bertahan. Semua tetap kami siapkan secara matang untuk menang,” tegasnya. Fokus Persiapan Sementara itu Manajer Tim PSIS Maryanto mengatakan, selama sisa waktu yang kurang sepekan ini semua punggawa tim bisa fokus

melakukan persiapan sesuai dengan arahan pelatih, Edy Paryono. “Kami berharap pemain PSIS lengkap karena kami ingin mempersiapkan tim dengan baik untuk mencapai target kemenangan di Sleman,” katanya. Selama dua pekan ini, pemain diberi kesempatan libur, pada 23-25 Desember 2011, untuk memberi kesempatan kepada pemain merayakan Natal, sedangkan pada tahun baru, PSIS hanya mengubah jadwal latihan. Kalau hari biasa, katanya, pada Sabtu menjalani latihan sore hari, saat ini hanya pagi hari, sedangkan mereka kembali berlatih pada Senin (2/1) kemarin. Pasca libur Natal, hanya satu pemain yaitu Steven Anderson Imbiri yang belum terlihat mengikuti latihan bersama Donny Siregar dan kawan-kawan di Stadion Jatidiri. Berdasarkan informasi, mantan pemain PSIM Yogyakarta itu kesulitan mendapatkan tiket pesawat

ke Semarang dari kampung halamannya di Kaimana, Papua. “Sebenarnya ini masalah profesionalisme saja dan kami berharap Steven juga bersikap profesional dengan kembali mengikuti latihan. Kalau absen tentunya kami akan menegurnya,” katanya. Ketika ditanya absennya Steven Anderson dalam latihan beberapa hari ini, Pelatih PSIS Edy Paryono tidak terlalu ambil pusing dengan hal itu. Menurut dia, kalau Steven tidak bisa menunjukkan kondisi yang maksimal, usai menjalani liburan itu, dirinya akan mencari pilihan pemain lain saat laga tandang pertama melawan PSS. “Ini juga berlaku untuk semua pemain karena kami ingin pemain yang tampil pada pertandingan adalah pemain terbaik yang kondisinya sedang bagus,” kata pelatih yang sukses mengantarkan PSIS menjadi juara Liga Indonesia V (era Tugiyo) tersebut. (rif)

Dua Pemain Masih Tanda Tanya Dua amunisi baru PSIS masih dalam tanda tanya. Pasalnya, Feri Liga Saputra dan Ikhwan Wicaksono yang sudah mendapat lampu hijau dari manajemen dan pelatih, belum juga menandatangani kontrak secara resmi. “Saat ini manajemen masih melakukan proses kebutuhan administrasi bagi kedua pemain tersebut. Ya, kami ingin semuanya dapat diselesaikan dengan cepat,” ungkap General Manager Setyo Agung Nugroho, kemarin. Pelatih Edy Paryono menambahkan, sebenarnya kedua pemain tersebut menjadi

pilihan amunisi yang akan dibawa saat timnya melakukan lawatan ke kandang PSS Sleman, Jumat (6/1). “Meskipun belum diputuskan siapa saja yang akan dibawa, tapi kedua pemain tersebut dalam kondisi yang baik. Kami berharap semua dapat selesai secara cepat,” paparnya. Namun, pria yang kerap disapa EP ini mengaku tidak menjadi kendala serius jika eks Mitra Kukar dan Semarang United itu belum bisa diturunkan. “Dampaknya sih ada, tapi tidak menjadi kendala. Kami pikir bisa memanfaatkan pemain yang ada dulu,” lanjutnya. Sejauh ini, sambung EP, tiga legiun asing

sudah bisa beradaptasi dengan pemain yang lain. Mereka bisa bermain enjoy dan salin memahami satu sama lain. “Sudah ada perkembangan signifikan dari pemain asing. Kemungkinan besar ketiganya akan kami bawa ke Sleman,” terang EP. Pada latihan yang digelar di Stadion Jatidiri, kemarin, semua pemain dibekali berbagai macam teknik penyerangan maupun bertahan. “Dua unsure ini harus seimbang. Baik menyerang maupun pertahanan, karena kami ingin meraih kemenangan meski di kandang lawan,” ucapnya. (wse/rif)

SP RT

selasa, 3 Januari 2012

AGAM

harian semarang

115

EFEK JADWAL MEPET

UKUM & KRIMINAL Oleh Tri Wuryono

Hasil minor didapat tim-tim elite dalam rentang waktu dua pekan terakhir. Jadwal padat menjadi penyebab kegagalan meraih poin absolute.

RITIS

gagal menyalip City yang baru berlaga sehari kemudian. Kejutan di pekan ke-19 juga terjadi di Stamford Bridge, ketika Chelsea dipaksa takluk 1-3 dari tamunya Aston Villa. Kekalahan yang mengakibatkan cemoohan fans The Blues kepada manajer Andre Villas-Boas. Drama berlanjut di Stadium of Light, Minggu (1/1). Upaya Manchester City menjauh dari United digagalkan oleh Ji Dong Won. Striker Sunderland asal Korea Selatan ini menjadi pahlawan tuan rumah berkat golnya di menit ke-93! Kekalahan yang layak diratapi oleh manajer Roberto Mancini. Bagaimana tidak, di saat pasukannya mampu mendominasi pertandingan, justru kubu tuan rumah yang mampu memanfaatkan celah di lini pertahanan City. Manajer Italia itu mengakui bahwa timnya telah menyia-nyiakan banyak peluang. Kendati City tak pernah mencetak gol dalam dua pertandingan terakhir di Premier League, Mancini lebih was-was pada kelemahan pertahanannya dalam mmenghadapi serangan balik. ”Saya tidak tahu berapa kesempatan yang kami buat, tapi saya tidak khawatir soal tidak mencetak gol dalam beberapa pertandingan terakhir. Saya khawatir ada pemain di lapangan yang tahu bahwa kami lemah dalam menghadapi serangan balik,” ujar Mancini. Eks bos Inter Milan ini juga mengeluhkan padatnya jadwal yang harus dijalani timnya. Situasi yang sama juga dirasakan oleh semua kontestan Liga Primer. Ya, setiap tim wajib melakoni lima partai dalam jeda waktu 17 hari. Artinya, mereka ratarata harus bertanding setiap tiga hari sekali. Mancini kemudian juga melontarkan kritik atas padatnya jadwal kompetisi

5 Partai Terakhir City & MU Manchester United 18.12.2011 QPR-Man United 0:2 21.12.2011 Fulham-Man United 0:5 26.12.2011 ManUnited-Wigan 5:0 31.12.2011 Man United-Blackburn 2:3 04.01.2012 Newcastle-Man United ?

Manchester City 18.12.2011 Man City-Arsenal 1:0 21.12.2011 Man City-Stoke City 3:0 26.12.2011 WBA-Man City 0:0 01.01.2012 Sunderland-Man City 1:0 03.01.2012 Man City-Liverpool ?

4

harian semarang

16

harian semarang

8

foto-foto: harseM/reuters

K LWALKOT EJUTAN demi kejutan terjadi di matchday 19 Liga Primer. Dua pemuncak klasemen sama-sama terkapar. Kesempatan Manchester United untuk berkuasa di tahun 2011 digagalkan oleh Blackburn Rovers. Menjamu penghuni dasar klasemen di Old Trafford, Sabtu (31/12), Setan Merah justru tak berdaya dan takluk 2-3. Kekalahan yang menyesakkan, mengingat MU selalu tampil dominan atas The Rovers dalam tujuh musim terakhir. Apalagi kekalahan itu didapat setelah dua kemenangan dengan skor besar yang didapat Dimitar Berbatov cs. Pasukan Sir Alex Ferguson pun

harian semarang

ini. Menurutnya itu berpengaruh pada penampilan para pemain di tim nasional karena mereka sudah kelelahan menjalani kompetisi bersama klubnya. “Saya pikir inilah sebab mengapa tim nasional datang ke Piala Eropa, Piala Dunia, dan mereka kelelahan. Para pemain tidak punya waktu untuk

pemulihan,” sebutnya. Setelah bertempur habis-habisan di Stadium of Light, City sudah ditunggu Liverpool, Selasa (3/1) mendatang. Sementara, United bakal melawat ke St James Park untuk meladeni peringkat ke-7 Newcastle United. Manajer Chelsea Andre Villas-Boas

juga memiliki keluhan yang sama. Menurutnya, sulit bagi para pemain untuk mencapai puncak permainan dengan masa istirahat yang terlalu singkat. “Ini adalah risiko besar dan ini mungkin saja bisa mengakibatkan cedera serius pada pemain-pemain timnas Inggris dan bagi saya ini tak

masuk akal,” kata AVB usai timnya dipermak Aston Villa. Setelah menjalani matchday 19 pada Sabtu dan Minggu, 20 kontestan Liga Primer bakal kembali bertempur pada Selasa dan Rabu waktu setempat. Bisa dibayangkan bagaimana pusingnya para manajer untuk merotasi pemain-pemainnya. ***

Man City vs Liverpool

David de Gea

Anders Lindegaard

Persaingan Kiper MU

Lindegaard Lebih Mantap SEPENINGGAL Edwin van Der Saar yang memutuskan pensiun akhir musim lalu, Sir Alex Ferguson belum juga menemukan pengganti yang pas untuk mengawal gawang Manchester United. David de Gea yang digadang-gadang, ternyata belum menunjukkan performa yang menjanjikan. Kiper 21 tahun yang ditransfer dari Atletico Madrid senilai 18 juta euro itu seringkali tampil gugup saat MU bertemu tim-tim elite. Termasuk ketika United dilibas 1-6 di Old Trafford oleh Manchester City, 23 Oktober silam. Penampilan mengesankan justru ditunjukkan Anders Lindegaard. Meski lebih sering diplot sebagai deputi De Gea, eks kiper Aalesund ini kerap tampil memukau setiap diberi kepercayaan tampil. Kiper 27 tahun ini baru lima kali diturunkan di Liga Primer. Hebatnya, Lindegaard selalu bisa menjaga gawangnya dari kebobolan alias clean sheet. Sedangkan De Gea sudah 14 kali tampil di

ajang yang sama dan sudah kebobolan 17 gol. De Gea baru lima kali clean sheet. Terakhir, tiga gol bersarang di gawang yang dikawal De Gea saat MU takluk dari Blackburn Rovers, akhir pekan lalu. Perbandingan ini bisa jadi timpang, karena Fergie lebih mengedepankan De Gea dibandingkan Lindegaard. Namun, Lindegaard malah terlihat lebih mantap. Kiper asal Denmark ini juga memiliki mental yang cukup bagus. Terbukti saat United melawat ke kandang Benfica pada matchday 2 Liga Champions, Lindegaard membuat beberapa penyelamatan gemilang yang menghindarkan Setan Merah dari kekalahan. Kiper yang ditransfer dengan banderol 3,5 juta euro itu boleh jadi lebih siap secara mental untuk menjadi suksesor van Der Saar. Fergie pun seperti dihadapkan pada dilema, jika seandainya dia harus mencadangkan De Gea, kiper yang didatangkan dengan banderol yang mahal. (twu)

foto-foto: harseM/getty iMages

Awas, Kebangkitan Gerrard!

singkat kami akan menghadapi mereka tiga kali, jadi kami MANCHESTER City bakal menjalani partai berat, hanya harap bisa meraih sukses,” tuntas Skrtel. dua hari paskakekalahan dari Sunderland. Rabu (4/1) Setelah laga di Etihad Stadium ini, Liverpool dan City dinihari WIB nanti, The Citizens harus berjibaku meredam masih akan berhadapan dua kali di Januari ini. Di babak kebangkitan Liverpool di Etihad Stadium. semifinal Piala Liga Inggris, City akan lebih dulu jadi tuan Kubu tamu datang dengan kepercayaan diri tinggi, rumah pada 11 Januari, sementara Anfield gantian akan menyusul kemenangan 3-1 atas Newcastle United, akhir jadi venue laga antara keduanya pada 25 Januari. (twu) pekan lalu. The Reds juga memiliki masa istirahat sehari lebih banyak dibanding City yang bertanding Minggu (1/1). Kehadiran Steven Gerrard memberi motivasi ekstra bagi The Anfield Gank. Skipper berusia 31 itu langsung menyuntikkan energi positif setelah lama absen karena cedera dan sukses mencetak satu dari tiga gol ke gawang Newcastle. Keyakinan meredam Citizens juga diapungkan bek Martin Skrtel. Salah satu dasar keyakinan Skrtel adalah pertemuan terakhir kedua tim di Anfield pada November lalu. Ketika itu, di ajang Premier League, The Reds mampu memberi perlawanan sengit meski akhirnya bermain imbang 1-1. Dengan Liverpool kini performanya semakin stabil, bek asal Slovakia itu pede akan kans timnya untuk menyulitkan sang pemuncak klasemen. ”Kami bermain sangat baik di Anfield saat menghadapi mereka dan menunjukkan kalau kami bisa berkompetisi dengan mereka,” seru Skrtel di ditus resmi klub. ”Jika kami bisa mengulangi penampilan yang sama di hari Rabu maka tentunya kami akan bisa meraih hasil bagus atas mereka. Kami menantikan pertandingan itu dan akan memberikan yang terbaik,” lanjut dia. Satu modal The Reds lainnya adalah penampilan City yang tengah tak stabil. The tv, C n Citizens menderita dua kekalahan dan m satu hasil imbang dari enam laga ung 0 WIb S g 0 n 3. di bulan Desember. n la 4/1), 0 a “Ini akan menjadi r ( Sia abU pertandingan yang spesial r karena dalam waktu yang

harseM/getty iMages

Cabor Porprov Segera Dipastikan KONI Jateng berencana menggelar workshop dengan akan mseluruh pengurus provinsi cabang olahraga, Januari 2012. Agenda itu diutamakan untuk membahas persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jateng 2013 di Banyumas. “Saat ini jumlah cabor juga belum fixed, kami ingin mendapatkan masukan cari pengprov cabor di acara itu,” kata Sekum KONI Jateng Tri Rustiadi, di sela acara syukuran HUT ke-45 KONI di kantor KONI kompleks Gelora Jatidiri, akhir pekan kemarin. Dalam workshop itu, jumlah atlet dan ofisial serta aturan kepindahan atlet akan dibahas. Soal tanggal pelaksanaan Porprov,

KONI masih menunggu Rakornas dengan KONI pusat terkait dengan penyelenggaraan beberapa ajang nasional. Sementara itu, tuan rumah Banyumas mengusulkan Porprov digelar maksimal akhir Juni atau awal Juli 2013 sebelum bulan Puasa. Menurut Ketua KONI Banyumas, Sukardi, sebaiknya Porprov digelar sebelum bulan Ramadan karena bial setelah Lebaran, persiapan panitia terkendala libur. Bupati Banyumas sendiri menginginkan Porprov digelar lebih awal. Banyumas sudah melayangkan surat kepada Gubernur Jateng melalui Kadinpora agar Porprov diselenggarakan sebelum April 2013.

“Kami masih menunggu balasan surat itu, harapannya Gubernur segera merespon agar kami bisa mendapatkan pencerahan,” kata Sukardi. Selain mematangkan jumlah cabor dan nomor pertandingan, KONI sebagai panitia pusat penyelenggaraan Porprov akan terus memantau kesiapan venues di Banyumas dan sekitarnya. “Kita akan membentuk tim untuk memverifikasi guna memastikan arena pertandingan sudah sesuai standar yang ditentukan. Kalau dilakukan lebih cepat lebih baik, agar tuan rumah bisa melakukan penambahan jika ada yang kurang,” kata Wakil Ketua Umum II KONI Jateng Sukahar. (wig/twu)

KAMPUS

12

SELASA, 3 Januari 2012

DEBAT MAHASISWA

Polri Perlu Direstrukturisasi

HARSEM/DOK

Mahasiswa melakukan performance art untuk kampanye kelestarian lingkungan

Teater Kaplink Meriahkan Trashme Project

U

NTUK memenuhi tugas mata kuliah PR Campaign Program D3 Public Relations FISIP Undip, TrashmeProject sebagai tim yang mengusung kampanye membuang sampah pada tempatnya, melakukan main campaign pada Rabu (21/12) lalu. Acara yang diselenggarakan di halaman gedung B dan C kampus FISIP Undip Tembalang ini berlangsung sangat meriah. Pada kegiatan yang bertajuk ‘Small Action Big Change’ ini, ketua panitia kegiatan, Yogi Heru Darmawan mengatakan, tema tersebut mengandung filosofi yaitu dengan melakukan hal yang kecil mampu memberikan perubahan yang besar pada lingkungan sekitar. “Dalam kegiatan ini kami juga menampilkan teater Kaplink dari Udinus yang memparodikan pertunjukan teater dalam kampanye tersebut, selain itu untuk menarik perhatian mahasiswa yang ada di sekitar kami,” jelasnya. Dikatakan, dalam kampanye tersebut, pihak panitia sengaja membawakannya melalui seni. “Dalam teater ini ada dua pemain untuk memparodikan kampanye, sedangkan dua lagi mahasiswa mereka membawakan musiknya,” jelasnya. Salah satu yang diperlihatkan dalam

BERPISAH dari ABRI alias TNI, (seharusnya) membuat Polri semakin soft dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam negeri. Namun rupanya harapan itu belum sepenuhnya terwujud. Banyak terjadi aksi kekerasan yang melibatkan aparat Polri. Seperti kasus Mesuji Lampung dan kekerasan di Bima NTT yang sampai menelan dua korban. Akibat peristiwa itu, desakan agar HARSEM/DOK Polri direstrukturiasi semakin menguat. Akan tetapi, kita jangan terburu-buru. Mungkin Polri perlu dikasih kesempatan karena tindakan represif yang dilakukan bukan murni dari arogansi petugas. Masyarakat juga mempengaruhi sikap penanganan Polri. Polri memang bagian dari masyarakat sipil. Namun, tidak mungkin kalau ditempatkan di bawah Depdagri. Karena Kapolri sendiri adalah pejabat setingkat menteri. Harus kita akui bahwa memang banyak yang harus diperbaiki dari Polri. Baik dalam pola pendidikannya maupun yang lainnya. Beberapa pelaku kekerasan dari Polri adalah anggota berpangkat rendah. Posisi mereka juga masih kurang kuat apabila berhadapan dengan kekuasaan dan uang. Maka dari itu, jangan sampai karena tindakan sebagian anggota menjadikan seluruhnya juga terlihat buruk. Saatnya polri mengubah paradigma dalam melaksanakan tugas. Kinerja Polri harus dikontrol secara serius. Polri juga harus bisa menjadi masyarakat sipil yang bersikap lunak dan proporsional dalam mengatasi masalah-masalah yang ada di lingkungan masyarakat. Jangan mempraktikkan tindakan militer! Cukup sekedar melumpuhkan tanpa mematikan. (Inayatun Nisa, mahasiswa Fakultas Syariah IAIN

POLISI Republik Indonesia (Polri) memiliki fungsi melindungi dan mengayomi masyarakat. Keberadaan Polri diharapkan menciptakan rasa aman, nyaman dan tentram. Namun, kenyataannya berbeda. Masyarakat menilai polisi sering menjadi ‘pengusik’ kenyamanan masyarakat. Kerapkali polisi menjadi ‘centeng‘ bagi pemodal dari penguasa. Cenderung berpihak kepada penguasa dan pengusaha. Polisi harus mengedepankan kepentingan rakyat. Tidak boleh terikat dengan pemerintah. Jika itu terjadi, maka polisi akan menjadi alat pemerintah HARSEM/DOK dan elit penguasa. Tidak peduli mana benar dan mana salah. Tidak peduli mana yang harus dilindungi dan mana yang harus dihukum. Lupa tugas menegakkan keadilan, melindungi dan mengayomi masyarakat. Wancanuntuk menempatkan Polri di bawah Depdagri tidaklah tepat. Hal ini akan memperbesar rezim pemerintah. Polisi digunakan sebagai alat untuk melindungi kepentingan mereka dan fungsi polisi sebagai pelindung dan pengayom rakyat akan terabaikan. Wujud masyarakat adil, aman dan tentram akan hilang. Hubungan polisi dan rakyat akan semakin jauh. bukan lagi sebagai patner penegakkan keadilan. Akan tetapi musuh yang menghalagi tercapainya keadilan. Hal semacam tidak akan terjadi apabila Polri dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Yaitu sebagai patner dalam penegakan keadilan. Tidak perlu bersenjata saat berhadapan dengan rakyat. Apa yang dilakukan rakyat bukanlah untuk merusak ataupun mengadili dengan kekerasan. Melainkan hanya untuk menuntut terpenuhinya keadilan. Polri perlu disenjatai saat memburu teroris dan penjahat bersenjata. Bukan saat menghadapi rakyat jelata. (Widodo, mahasiswa

Perkuat Polsek, ‘Lemahkan’ Mabes

aksi teatrikal tersebut yaitu saat seseorang menjaga kebersihan di sekitarnya, salah satunya dengan cara membuang sampah di tempat yang sudah disediakan. “Dengan begitu kami berharap agar mahasiswa yang melihat bisa tergerak hatinya untuk ikut melakukan apa yang kami kampanyekan tersebut. Ini cara sosialisasi yang menurut saya lebih efektif,” urainya. Selain itu, pihaknya memilih mengkampanyekan program aksi bersih tersebut dengan melibatkan kelompok teater karena sekaligus ingin menghibur para mahasiswa yang kebetulan melihat. “Selain ini menarik, kami juga berharap agar kampanye ini tidak terkesan monoton dan membosankan,” jelasnya. Pihaknya juga berharap, agar setelah diselenggarakan kampanye ini, dapat meningkatkan kesadaran khalayak umum. “Serta khususnya para mahasiswa untuk membuang sampah pada tempatnya. Buang sampah itu sebenarnya mudah, dan dampak positif yang diakibatkan juga sangat besar bagi lingkungan sekitar kita,” tandasnya. Untuk menambah kemeriahan, pihak panitia juga melibatkan penyiar radio di Semarang untuk menjadi MC. (aris wasita widiastuti/nji)

HARSEM/DOK

memaparkan dampak panjang pencemaran tanah, udara, dan air terhadap kelangsungan hidup manusia. Karenanya dia memuji program konservasi di Unnes. Dia meminta Unnes juga memerhatikan kondisi tanah, air, dan udara di sekitar sebelum melakukan penanaman. Hal ini dimaksudkan agar kejadian di Jepang, yaitu menyebarnya penyakit ouch-ouch yang disebabkan konsumsi padi yang ditanam pada lahan yang mengandung merkuri tidak terjadi di Indonesia. Prof Fathur Rokhman mengemukakan, visi dan misi konservasi Unnes sangatlah penting guna meningkatkan kesehatan masyarakat dan lingkungan sekitar kampus khususnya dan lingkungan global pada umumnya. Melalui FGD dia berharap bisa memperkokoh visi dan misi universitas konservasi. Selain itu, FGD juga memperkuat hubungan kerja sama antara Unnes dan Kanazawa University. “Saat ini sejumlah dosen Unnes tengah mengikuti tugas belajar dan beberapa dosen lain yang sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi di Jepang,” ujar Prof Fathur Rokhman. (nji)

Prof Kiyofumi Saijo saat memberi pemaparan tentang pentingnya kelestarian lingkungan

Jangan di Bawah Depdagri

Walisongo Semarang) (nji)

Kuliah di Jepang, Dilarang Makan Ikan Mentah PARA dosen Unnes yang akan melanjutkan studi di Jepang diminta tidak menyantap ikan mentah. Meski sashimi sudah kondang maknyus, namun berpotensi menyebarkan penyakit. “Makan ikan mentah merupakan penyebab utama timbulnya penyakit ouch-ouch dan minamata diseases,” jelas Prof Kiyofumi Saijo dari Kanazawa University Jepang. Dia memaparkan hal itu dalam Focus Group Discussion (FGD) yang dimotori oleh International Office Universitas Negeri Semarang (Unnes), bersama Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Unnes, beberapa waktu lalu, sebagaimana dikutip dari unnes.ac.id. Menurut dia, penyakit itu mewabah lantaran warga Jepang gemar menyantap ikan mentah dari perairan Cina yang telah tercemar merkuri. Karenanya dia menyatakan, menkonsumsi ikan yang telah dimasak lebih aman. Penyakit ouch-ouch juga menyebar melalui padi yang ditanam di tanah yang terkontaminasi logam air raksa itu. Di hadapan para dosen Unnes, termasuk pembantu Rektor Pengembangan dan Kerja Sama Unnes Prof Fathur Rokhman, Kiyofumi

Jangan Tergesa-gesa

SEJARAH banyak mencatat perjuangan Polri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Di samping sebagai penegak hukum, Polri juga ikut andil dalam berbagai pertempuran. Sebut saja Mobile Bridge sebagai kesatuan khusus bersenjata dalam penumpasan PKI di Madiun. Hingga kini Polri masih menjadi sorotan. Namun, bukan karena prestasi yang cemerlang, HARSEM/DOK melainkan skandal demi skandal yang membuat Polri tak ubahnya ‘pembunuh berdarah dingin’ yang menakutkan. Kasus Mesuji Lampung serta kekerasan di Bima yang menelan banyak korban menjadi bukti. Aparat hukum hendaknya bertindak tegas dalam menangani kasus-kasus kekerasan yang terjadi akhir-akhir ini khususnya yang terjadi di Mesuji dan Bima. Menurut hemat penulis, mungkin restrukrurisasi Polri merupakan salah satu langkah tepat yang harus segera dilakukan. Restrukturisasi diarahkan pada penguatan Polsek, bukan penguatan Mabes seperti yang terjadi selama ini. Sebab lemahnya akuntabilitas atas kewenangan polri yang begitu besar disebabkan minimnya kontrol internal. Meski demikian kita tidak bisa serta merta menyalahkan Polri. Sebab, dalam penanganan keamanan di lapangan Polri memiliki prosedur tetap. Tidak menutup kemungkinan tindakan kekerasan terjadi karena prilaku di luar kelaziman oleh masyarakat sehingga memicu kekerasan aparat. Masayarakat juga harus memperhatikan etika dalam menyuarakan pendapat atau berdemonstrasi. (Miftahul Arifin,

mahasiswa Fakultas Ushuluddin Program Khusus (FUPK) Akidah Filsafat IAIN Walisongo Semarang) (nji)

Tema Debat Pekan Depan

Wajib TOEFL bagi PNS MENTERI Perdagangan Gita Wirjawan berencana mewajibkan PNS di institusinya memiliki TOEFL dengan skor minimal 600. Alasannya, kemampuan bahasa Inggris sangat penting untuk meningkatkan volume perdagangan (ekspor-impor) dengan negara asing. Tahap awal akan diberlakukan bagi 1.000 pegawai termasuk pejabat teras atas. Perlukan PNS, terutama di Kementerian Perdagangan, diwajibkan menguasai TOEFL? Sejauh mana akan meningkatkan profesionalisme aparat negara? Bagaimana menurut Anda? Kirimkan pendapat melalui email harian.semarang@yahoo.com paling telat Minggu (8 Januari 2012) dengan menyertakan foto diri dalam pose santai. Panjang tulisan sekitar 1.500 karakter. (red)

Jurusan Syariah Unissula Semarang) (nji)

Harus Kembali ke Khitah DALAM fungsinya sebagai penegak hukum, polisi menjadi ujung tombak sistem peradilan bersama kejaksaan, kehakiman, lembaga pemasyarakatan dan pengacara. Dalam fungsinya sebagai pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), polisi bermitra dengan satuan polisi pamong praja (Satpol PP), imigrasi, bea dan cukai, badan POM, serta polisi kehutanan, dan polisi tera. Polisi berfungsi sebagai penjaga ketertiban dan menjamin rasa aman (maintenance of order and safety) bagi masyarakat. Namun, rentetan kejadian kelam yang HARSEM/DOK melibatkan polisi, mulai dari kasus Mesuji (Lampung dan Sumsel), Mimika, Abepura (Papua), hingga kejadian di Batam dan Bima, telah menenggelamkan citra baik kepolisian. Ada upaya untuk menyelaraskan sistem keamanan nasional dari unsur Polri, TNI, penyidik pegawai negeri sipil (PPNS), dan pengamanan swakarsa. Namun upaya koordinasi sistemik belum terlihat di UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri. Unsur ini, tampak menjalankan fungsi menurut regulasinya sendiri. Pada titik ini, saya berimajinasi agar kepolisian melakukan restrukturisasi atau dalam bahasa Arabnya khittah, kembali kepada awal sebagai pendedah tonggak moral bangsa dan negara. Profesi seperti polisi merupakan pekerjaan paling rentan godaan. Sebagaimana disebutkan Adrianus Meilala, mantan staf ahli Kapolri, penyebab utama profesi polisi mudah diselewengkan adalah karena pekerjaan sebagai penegak hukum bersifat soliter, sangat otonom, dan sewaktu-waktu dapat bertindak berdasar pertimbangan pribadi. Menurut pasal 5 ayat 2 UU No 2/2002 tentang Polri dan pasal 10 ayat 1 dinyatakan bahwa organisasi Polri bersifat sentralistik dan hierarki. Konsekuensinya, seluruh tanggung jawab pemolisian berada di tangan Mabes Polri. Langkah preventifnya, wewenang polisi perlu dibatasi melalui restrukturisasi. Polri kerap bermain mata dalam penanganan kasus-kasus besar. Restrukturisasi seharusnya didudukkan dari tiga arah agar institusi ini menjadi lembaga yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Yaitu pada kebijakan politik, kesadaran elite polisi, dan pembatasan wewenang. (Wildani Hefni, mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang) (nji)

Balik Kanan, Back to Basic UPAYA Polri untuk membangun paradigma baru sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat belum sepenuhnya berhasil. Buktinya, terjadi kekerasan Mesuji Lampung serta di Bima dengan menelan dua korban jiwa dan puluhan korban luka. Betul, Polri harusnya berada di bawah suatu kementerian. Agar tidak langsung di bawah presiden sehingga seenaknya sendiri. Di samping itu, perlu restrukturisasi dari dalam badan Polri. Karena mereka masih memakai struktur TNI zaman orde baru yang HARSEM/DOK bersifat hirarki vertikal ke atas. Mereka yang membuat program, mereka juga yang membuat rencana anggaran, meminta anggaran, menggunakan anggaran, bahkan mereka juga yang mengevaluasi kinerjanya. Polri memang tidak sempurna. Tentu masih ada kesalahan yang dilakukan oknum. Tapi, bukan berarti kalau ada kasus yang melibatkan polisi langsung dihakimi polisi yang salah. Apakah demo dengan membawa senjata tajam, memblokir tempat umum bisa dibenarkan? Apakah aparat tidak boleh bertindak tegas setelah upaya negoisasi berjalan buntu karena memang tidak ada niat pendemo untuk bernegoisasi ? Hak asasi manusia dibatasi hak manusia yang lain ataupun kepentingan umum. Menurut A Muis, Guru Besar Ilmu Komunikasi dan Hukum Unhas, polisi sebaiknya back to basic. Masyarakat menginginkan polisi berpenampilan sebagai pelayan masyarakat dan pengayom warga sipil. Masyarakat ingin merasa akrab dan merasa aman berada dekat polisi. Bukan sebaliknya enggan berjumpa polisi. (Zaenal Abidin, Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Program Khusus Tafsir Hadits IAIN Walisongo Semarang) (nji)

Daftar Kuliah Cukup Pakai UN TAK perlu daftar SNMPTN, ujian mandiri, atau program seleksi masuk perguruan tinggi lainnya. Menteri Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memastikan bahwa nilai ujian nasional (UN) akan digunakan untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Menurut dia, kalau nilai SD bisa untuk seleksi SMP dan nilai SMP untuk masuk SMA, mengapa perguruan tinggi tidak mau menerima UN SMA? “Idenya untuk mengintegrasikan pendidikan, saya pastikan berlaku mulai tahun 2012,” jelasnya Tapi tunggu dulu. Nuh juga meminta ada peningkatan kredibilitas UN agar bisa ‘diakui’ sebagai bagian dari sistem pendidikan. Usul penggunaan nilai UN untuk seleksi

masuk PTN sebelumnya dilontarkan anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Djemari Mardapi. Dia mengatakan, hal itu sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. “Tapi sebelumnya kredibilitas UN harus ditingkatkan. Mulai dari pengawas, guru, dan perguruan tinggi yang ditunjuk hingga perbandingan hasil UN antardaerah. Kami akan membentuk tim evaluasi untuk memantau kredibilitas UN di masing-masing daerah,” kata Djemari. Usula itu ditolak Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Sudjarwadi. Dia keberatan nilai UN sertamerta bisa dijadikan tes masuk PTN. Alasannya, tujuan pelaksanaan UN dan

tes masuk PTN berbeda. “Alasan itu pula yang melatarbelakangi UGM untuk tidak menerapkan nilai UN sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru,” katanya. Sudjarwadi mengatakan, UN untuk mengukur hasil pembelajaran peserta didik selama tiga tahun. Sedangkan tes masuk PTN digunakan untuk menjaring mahasiswa baru yang cocok dengan perguruan tinggi tersebut, dengan menggunakan tes multiobyektif yang saling menyatu. “Berdasarkan pandangan akademik, nilai UN tidak bisa menjadi tes masuk PTN karena tujuan penyelenggaraannya berbeda. Tes masuk perguruan tinggi menggunakan soal yang multiobyektif,” katanya. (nji)


HARIAN SEMARANG 030112