Issuu on Google+

EDISI : 226 TAHUN LXIII

SENIN 26 DESEMBER 2011 M / 30 MUHARAM 1433 H

HARGA ECERAN

Rp2500

HARI INI TERBIT 24 HALAMAN

SEJARAH MENCATAT, HALUAN TERBIT SEJAK 1948 DAN MENJADI TUAN RUMAH DI NEGERI SENDIRI

Sesungguhnya pada pertukaran malam dan siang itu dan pada apa yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan-Nya) bagi orangorang yang bertakwa. (QS Yunus Ayat 6)

SUBUH ZUHUR ASHAR MAGHRIB ISHA

04.52 12.18 15.43 18.20 19.35

WIB WIB WIB WIB WIB

http://www.pkpu.or.id

PESSEL DIGUNCANG BENCANA LAGI

Puluhan Rumah Dihantam Abrasi PULUHAN rumah di Kambang dihantam abrasi, sedang di Bayang puluhan rumah dipelintir putting beliung. Ratusan warga kini di pengungsian. Perlu penaganan lebih serius.

PAINAN, HALUAN — Lengkap sudah penderitaan warga Pasir Putih Kambang Pesisir Selatan. Setelah dilanda banjir awal November lalu, kini kawasan ini kembali luluhlantak diterjang abrasi. Puluhan rumah hancur, ratusan orang

mengungsi karena rumah tidak bisa lagi ditempati akibat diterjang abrasi semenjak Sabtu. Rumah warga yang runtuh akibat abrasi sebanyak sepuluh unit dan puluhan lainnya rusak berat. Rumah warga yang

runtuh akbiat abrasi adalah rumah milik Sisau, Yeni, Netti, Mak Cik, Ita, Markis, Rumah Makan Takana Juo, Rumah Makan Mutia, rumah Ujang, Anto.

„ Bersambung ke Halaman 11 AMUK ABRASI — Abrasi pantai akibat gelombang besar meruntuhkan sejumlah rumah warga di pantai Pasir Putih, Kambang , Pesisir Selatan, Sabtu (24/12). HARIDMAN KAMBANG

PERAYAAN NATAL DI SUMBAR

Padang Aman, Bukittinggi Meriah

REFLEKSI

Hentikan Program Pendidikan Berkarakter! OLEH : DARMAN MOENIR SERTA merta Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2011, Jakarta, melalui beberapa kepala sekolah, guru, pengurus komite sekolah, anggota dewan pendidikan, pengawas pendidikan, tokoh masyarakat, menyelenggarakan penelitian di SMA 1 Kota Padang, Rabu, 21 Desember. Semua informan 25 orang. Peneliti memapar, program berinti risalah karakter, pendidikan berkarakter, pendidikan karakter, untuk anak-anak (murid, pelajar, dan siswa) Indonesia. Ternyata, kini, soal karakter (anak-anak) ini menjadi keputusan pemerintah untuk dibenahi.

PADANG, HALUAN — Perayaan natal di Sumatera Barat berlangsung aman, tidak ada gangguan. Tetapi polisi tetap bersiaga di seluruh wilayah kepolisian dalam Polda Sumatera Barat. Kota-kota yang cukup ramai perayaan natalnya adalah Padang, Bukittinggi serta Payakumbuh.

„ Bersambung ke Halaman 11 SERAHKAN HADIAH — Panitia yang berkostum Santa Claus, menyerahkan hadiah kepada anak-anak saat perayaan Natal di Gereja Katedral St Theresia Jalan Bundo Kanduang Padang, Minggu (25/12). Perayaan Natal di Kota Padang dan Sumbar umumnya pada tahun 2011 ini berlangsung aman dan lancar.

„ Bersambung ke Halaman 11

HASWANDI

Avanza Terjun di Palupuh Lima Penumpang Tewas

AGAM, HALUAN — Diduga sopirnya mengantuk saat mengemudi dari arah Padang Sidempuan menuju Bukittinggi, mobil Avanza bernomor polisi BB 205 XF bersama empat penumpang dalam mobil itu terjun bebas ke dalam jurang Sungai Baluka di jorong Sariak Laweh, Kenagarian Nan Tujuh, Kecamatan Palupuh, Agam sedalam 200 meter.

HARIDMAN

YENNY, korban abrasi pantai.

15 tahun Membangun,

Lenyap Semalam

YENNY (36), memandang dengan tatapan nanar puing puing rumahnya. Ombak, samudrea hindia, Sabtu malam (24/12) telah memporak porandakan kawasan tempat tinggalnya, tidak luput rumahnya ikut runtuh bersama sejumlah rumah warga lainnya di Pasir Putih. Belumlah hilang kecemasan saat bencana banjir menghadang awal November lalu, kini kecemasan baru menggelayut di benak Yenny. 15 tahun Yenny bersama suaminya Ujang mengumpulkan uang untuk membangun rumah, kemudian baru bisa membangun rumah perlahan. Dibelinya batu sungai, kemudian batu itu ditumpuk selama bertahun tahun di lakosi rumahnya menjelang ada uang. Setelah ada rezeki kemudian dibelinya pula beberpa zak semen, kayu dan sejumlah kebutuhan untuk membangun lainnya. Demikian rumah itu dibangun dengan tertatih tatih. ‘’Namun hanya dalam waktu satu malam saja hasil jerih payah itu bisa lenyap,” kata Yenni, Minggu (25/12) di Pasir Putih Kambang kepada Haluan soal tekniknya membangun rumah.

„ Bersambung ke Halaman 10

„ Bersambung ke Halaman 11

Sumbar Harus Jamin Kualitas Rendang Padang

JAKARTA, HALUAN — Masyarakat Sumatra Barat diminta untuk tidak mempersoalkan “brandname” Rendang Padang yang sudah dinobatkan sebagai masakan terenak di seluruh dunia dengan mengalahkan CFC, KFC, Fizza dan sebagainya. Hal itu dikemukakan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat membuka Festival Masakan Minangkabau dan Sarasehan Kuliner yang digelar Anjungan Sumbar bersama Masyarakat Peduli Pariwisata Sumatra Barat (MAPPAS) di

„ Bersambung ke Halaman 11

GUBERNUR Sumbar Irwan Prayitno (tengah) bersama istri dan Kasubdit Promosi Wisata Wilayah I, Kembudpar, Raseno Arya meninjau salah satu stand aneka masakan Minang.

SYAF AL

DIRUT Garuda Emirsyah Satar (tengah) berbincang dengan Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim (berjas), Ketua Kadinda Asnawi Bahar (kiri), Wakil Walikota Bukittinggi Harma Zaldi, Walikota Sawahlunto Amran Nur dan Wakil Bupati Tanah Datar Hendri Arnis di depan Garuda Point, Senayan City, Jakarta pekan lalu.

TERBANG DARI PADANG

Garuda Siap ke Singapura Lagi

JAKARTA, HALUAN — Untuk menunjang kemajuan Pariwisata Sumatra Barat, maskapai penerbangan Garuda Indonesia siap menjajagi kembali penerbangan langsung PadangSingapura yang sudah kosong sejak empat tahun silam. Kesediaan Garuda untuk menerbangkan pesawatnya melayani permintaan pasar Padang dan Singapura itu, disampaikan langsung oleh

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Emirsyah Satar kepada wartawan usai mengadakan pertemuan dengan Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim, Ketua Kandinda Asnawi Bahar, Walikota Sawahlunto Amran Nur, Wakil Walikota Bukittinggi Harma Zaldi, Wakil Bupati Tanah Datar Hendri Arnis dan

„ Bersambung ke Halaman 11

Wagub DKI Mendadak Mundur

JAKARTA, HALUAN (Cagub) DKI. “Saya — Wakil Gubernur tekankan mundurnya DKI Jakarta, Prijanto saya bukan karena secara mendadak ada terkait dengan mengundurkan diri Pilkada,” ujar Pridari jabatannya. Tejanto ketika ditemui tapi pengunduran diri wartawan di rumahPrijanto langsung nya, Minggu (25/12). diterima Gubernur Mayjen TNI DKI Fauzi Bowo. (Purn) Prijanto PRIJANTO Ada apa? akhirnya mengungWakil Gubernur kapkan berbagai alaDKI, Prijanto, membantah sannya mengajukan pengunpermohonan mundurnya dari duran dirinya sebagai pendamjabatan itu karena terkait ping Gubernur Fauzi Bowo. pemilukada DKI yang akan Di depan wartawan, Prijanto digelar Juli 2012 mendatang, sempat menangis saat mengenamun demikian, hal itu dia mukakan alasannya. menutup kemungkinan untuk maju sebagai calon gubernur „ Bersambung ke Halaman 10

2 UTAMA

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

Rekrut PNS 2012, Berarti Penipuan

LINGKAR

BOGOR, HALUAN — Moratorium penerimaan PNS tahun 2012 tetap konsisten ditekankan pemerintah. Maka, jika tahun 2012 masih ada yang merekrut PNS berarti itu penipuan.

HASWANDI

PARA Dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2008 Yayasan Pendidikan Putri Maharaja (YPPM) Payakumbuh, foto bersama dengan sejumlah manjemen Haluan saat berkunjung ke redaksi Haluan, Sabtu (24/12).

STIE YPPM Kuliah Lapangan di Haluan PADANG, HALUAN — Sekitar 36 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2008 STIE Yayasan Pendidikan Putri Maharaja Payakumbuh berkunjung ke Haluan dalam rangka kuliah lapangan untuk menyelesaikan mata kuliah Kewirausahaan. Kuliah yang berlangsung selama 2,5 jam tidak terlepas dari materi Pengembangan Organisasi dan Managemen Akuntansi perusahaan Haluan oleh Koordinator Liputan Redaksi Rudi Antono dan HRD Haluan Desma Sari. “Tujuan kuliah lapangan nini selain menjalin silaturrahmi dan silaturrahim dengan perusahaan Haluan serta mengetahui secara umum beberapa hal mengenai perusahaan Haluan dari segi perekonomian dan managemennya, seperti, Managemen Bisnis, Keuangan Perusahaan, Prinsip Bisnis, dan Organisasi Media Pers yang dijalankan oleh Haluan,” kata Welfrizon salah satu dosen yang mengiringi mahasiswa YPPM saat menyampaikan kata sambutan. Selama perkuliahan, Koordinator Liputan Haluan menyampaikan pengetahuan secara umum mengenai media pers, organisasi serta struktur redaksi di Haluan. “Didalam industri pers, ada dua manajemen yaitu Redaksi dan Perusahaan. Untuk segala kepengurusan peliputan dan pemberitaan, dikelola oleh redaksi sedangkan untuk keuangan, kebijakan, administrasi, sarana dan prasarana dikelola oleh perusahaan,” kata Rudi Antono. Rudi juga mengatakan, walaupun berbeda managemen dan peran tapi hubungan antara keduanya selalu berkaitan dan saling membutuhkan. Makanya jalinan kerjasama antara keduanya harus harmonis agar mampu meningkatkan eksistensi dan mencapai visi misi dari perusahaan. Sedangkan HRD Haluan Desma Sari menyampaikan pengetahuan secara umum mengenai bisnis dan memenej keuangan di industri pers. “ Bisnis media pers mesti terfokus kepada kepentingan bersama, makanya jika ada pihak yang ingin menyampaikan sesuatu hal kepada masyarakat media selalu terbuka untuk mereka, seperti pemasangan iklan, promosi produk, maupun lowongan pekerjaan,” kata Desma Sari. Kiat Sukses Orang Minang Orang Minangkabau sejak dahulu sudah terkenal dengan kualitas dan potensi dirinya, dimana banyak orang Minang sukses ditanah rantau maupun di ranah Minang sendirinya. “Ada tiga kiat sukses orang minang sebagai kunci untuk sukses, yaitu harus pintar berbicara, menulis dan berpikir,” kata Rudi. “Ketiga kunci sukses tersebut harus saling mengisi, karena jika tidak terpenuhi salah satu kepandaian tersebut, dapat dikatakan beliau bukan orang minang tulen,” kata Rudi lagi. Rudi juga menegaskan bahwasanya orang minang harus pintar berbicara untuk dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan masyarakat dimanapun dan dalam kondisi apapun, pintar menulis agar menjadi seorang yang cendikiawan dan intelektual yang tinggi untuk menyuarakan keinginan dan kebutuhan orang banyak, pintar berpikir untuk mengkondisikan segala sesuatu demi kebaikan individu, kelompok serta global. “ketiga kunci itulah kenapa alasan orang minang dihargai oleh dunia, dan terapkanlah selalu ketiga kiat ini agar minang kembali berjaya dan terus melanjutkan kesuksesan para pendahulu kita,” ujar Rudi. (h/ang)

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menegaskan moratorium (jeda) perekrutan pegawai negeri sipil (PNS) masih berlaku hingga Desember 2012. “Kalau ada yang menawarkan berarti itu penipuan. Kriminal,” kata Gamawan di selasela Rapat Kerja Evaluasi Kabinet 2011 di Bogor, Jawa Barat, akhir pekan lalu. Menurut Gamawan, Kementerian Dalam Negeri hingga saat ini memang belum mendapatkan laporan penipuan berkedok rekruitmen PNS 2011. Kalaupun terjadi, pihaknya akan menyerahkan penyelesaian penipuan tersebut melalui jalur hukum. “Itu

kan tergantung korban. Kalau memang terjadi penipuan, laporkan. Kami mendorong dibawa proses hukum saja,” kata dia. Sejak 24 Agustus 2011, Menteri Keuangan Agus Martowardjojo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan, dan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, resmi menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Terkait Moratorium atau penghentian sementara perekrutan PNS. Waktu moratorium resmi berlaku sejak 1 September 2011 hingga 31 Desember 2012 atau sekitar 16 bulan.

Terdapat beberapa dilakukan Santi cs di pengecualian dalam Surabaya terjadi juga moratorium ini, seperti di Jombang. Korbantenaga medis, dokter nya mencapai 500 dan perawat, petugas orang dengan total keselamatan publik, kerugian ditaksir menserta tenaga pengajar. capai Rp25 miliar. Tetapi ada persyaratan Tersangka juga memketat. beberkan keterlibatan Beberapa bulan sejumlah pihak, terGAMAWAN FAUZI terakhir, setidaknya masuk petinggi Partai dua kasus penipuan Demokrat. perekrutan PNS terjadi di Jawa Gamawan menuturkan moraTimur. Kasus pertama menjerat torium perekrutan PNS meruElizabeth Susanti alias Santi, pakan bagian agenda reformasi tersangka yang sempat kabur untuk menertibkan birokrasi. selama delapan hari dari Kejak- Diharapkan, penertiban birokrasi saan Negeri Surabaya. Rabu, 20 bisa menghentikan praktik meDesember 2011 lalu Santi ditang- nyogok, menyuap dan birokrasi kap aparat Kepolisian Resor yang berbelit. Kota Surabaya di Apartemen Ada tiga poin penertiban Aston Jakarta. Penipuan ini terkait reformasi birokrasi, kata diduga melibatkan setoran mantan Gubernur Sumatera hingga Rp100 miliar. Barat ini. Pertama, daerah dan Kasus penipuan CPNS yang pusat memiliki konsep kebutuhan

MAKMUR SYARIF

TAHUN BARU

MENINGGAL — Imam Besar Masjid Raya Djihad Padang Panjang, HB Dt. Garang meninggal dunia kemarin.

MASJID DJIHAD PADANG PANJANG BERDUKA

IWAN DN

Imam Besar Meninggal

PADANG PANJANG, HALUAN — H Basri Dt Garang (51 th), Imam besar Masjid Raya Djihad Padang Panjang meninggal dunia di RS Achmad Muchtar Bukittinggi, Minggu pukul 5.30 WIB subuh kemarin. Basri Dt Garang yang juga Qari tingkat Nasional ini meninggal akibat terserang penyakit stroke yang datang secara mendadak saat hendak menjadi imam waktu salat berjamaah di masjid Raya Djihad, Sabtu sebelumnya Jamaah yang mengetahui musibah senja itu langsung melarikannya ke RS Stroke Bukittinggi. Rupanya jalan menuju Bukittinggi macet total. Dan diputuskan membawanya kembali ke RS Yarsi Padang Panjang. Mobil itupun terpaksa berbalik arah dari kawasan Air

Angek menuju Padang Panjang. Malamnya Ia harus di rujuk lagi ke RS Stroke Bukittinggi akibat tekanan darahnya tinggi. Jamaah bersama-sama Yayasan Masjid Djihad yang diketuai Adirozal mantan Wakil Walikota Padang Panjang segera membawanya ke RS Stroke Bukittinggi. Rupanya RS Stroke Bukittinggi penuh dan Ia terpaksa dipindahkan ke RS Achmad Muchtar dan menghembuskan nafas terakhir Minggu pukul 5.30 WIB Menurut beberapa jamaah masjid Raya Djihad yang datang ramai ramai ke rumah duka di Gunungrajo, Basri Dt Garang sebelum dilarikan ke rumah sakit, sudah berdiri di sajadah untuk menjadi imam salat magrib. Ketika hendak memasang

mikrophone jepit di bajunya, Ia tak bisa lagi memasangkan lantaran tangan kanannya sudah tidak berdaya. 3 kali mik jepit itu terjatuh. H Hasbullah Katik yang berdiri di belakangnya langsung menggantikan. Basri Dt Garang terus berusaha untuk shalat sebagai makmum, tetapi badannya sudah lemah dan terpaksa dipegang jamaah lain disampingnya. Kondisinya semakin parah dan terpaksa dilarikan ke rumah sakit Wakil Walikota Padang Panjang Edwin Anas saat menjenguk ke rumah duka di Gunungrajo, kemarin mengatakan, Basri Dt Gadang sudah lama menjadi Imam besar Masjid Raya Djihad. Suaranya merdu dan bacaannya fasih. “Kota Padang Panjang benar-

benar kehilangan seorang imam besar “ kata Edwin Anas Basri Dt Garang selain menjadi Imam besar sejak tahun 1990. Tahun 1996 ia diberikan kesempatan olleh yayasan untuk menunaikan ibadah haji. Ia juga guru TPA dan terus mendidik anak anak membaca alqoran melalui prifat dari rumah kerumah. Bahkan H Basri Dt Garang juga menjadi pelatih utama bagi Qari Padang Panjang dan kecamatan Batipuh sebelum berlomba di MTQ baik tingkat kota/kabupaten, propinsi dan Nasional. Basri Dt Garang meninggalkan 6 orang anak hasil perkawinannya dengan Syahminar asal Gunungrajo, almarhum dimakamkan di pandam pekuburan keluarga di Gunungrajo. (h/one)

Kampus IAIN Siap Jadi Wilayah Bebas Korupsi

BUKITTINGGI, HALUAN — Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang, Prof. Makmur Syarif menyatakan bahwa seluruh lingkungan IAIN Imam Bonjol Padang bertekad menjadi Wilayah bebas Korupsi (WBK) Ketika berbicara di depan peserta Workshop Evaluasi Kerja dan Rakor Kopertais di Hotel Royal Denai Bukittinggi kemarin, Makmur menekankan pentingnya perbaikan kinerja di badan layanan umum (BLU) dan menjadikan

aparatur daerah. “Paling lambat daerah mengirimkan data kebutuhan aparaturnya tahun ini. Kalau tidak mengajukan ya tidak dikasih,” dia menambahkan. Kedua, menurunkan belanja rutin aparatur daerah dari kisaran 50 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) menjadi 35-40 persen. Dan ketiga untuk menertibkan perekrutan tenaga honor. “Sejak 2006, sudah dilarang menambah tenaga honor. Tetapi terus tetap diangkat, ini kan menjadi beban pemerintah pusat,” ujar dia. Catatan Kemendagri, jumlah PNS per 13 Mei 2011 sebanyak 4.708.330 orang atau memiliki persentase 1,98 persen dibanding jumlah penduduk sekitar 237 juta orang lebih. Menurut lokasi, jumlah PNS pusat sekitar 916.493 orang (19,5 persen) dan PNS daerah 3.791.837 orang (80,5 persen). (sal)

pekerjaan di situ professional serta terukur. “Mustahil WBK bisa diterapkan kalau unsur-unsur pendukung tidak bekerja maksimal, jujur, adil dan berbasis kinerja. Ke depan semua sumber daya manusia (SDM) yang ada di lembaga perguruan tinggi tertua di Ranah Minang ini harus punya daya saing dan semangat tinggi serta berlaku disiplin dalam bekerja,” ujar dia. Menurut dia, untuk mereaslisasikan WBK maka IAIN/STAI

dalam dalam pengelolaan keuangan, administrasi beserta perangkat pendukungnya harus terlebih dulu dibenahi tenaga pengelolanya. “Semua mesti bekerja dengan standard serta kinerja yang terukur, berwawasan luas, berkarakater sesuai dengan harapan pemerintah saat ini. Dan yang lebih utama lagi, pencegahan korupsi itu tidak hanya dalam batasan memperkaya diri melalui keuangan serta materi saja. Akan tetapi menekan kejadian prilaku terlambat masuk

kantor dan cepat pulang bagi tenaga administrasi serta tenaga pengajar atau dosen. Rektor yang didampingi Kabiro AUAK H. Amrul Wahdi, PR I H. Syafruddin, Wakor Kopetais wilayah VI Sumbar Abdurrahman, mengatakan, apa yang telah dilakukan IAIN saat ini dan masa datang tentunya tidak terlepas dari berbagai kelemahan dan kemajuan. Namun pihaknya ingin lembaga ini menjadi maju dan bertekad dengan aparatur yang ada bekerja maksimal me-

wujudkan WBK tersebut. “Kami tidak ingin pernyataan ini hanya klise saja. Bagi yang tidak melaksanakan maka sanksi hukumnya haris diterima,” katanya. Menyangkut pembinaan terhadap lembaga-lembaga pendidikan Islam yang dikelola berbagai yayasan di Sumatera Barat, Makmur mengatakan kalangan Kopertais harus mampu membangun kerjasama dengan Pemerintah Dareah baik Provinsi maupun Kabupaten/ Kota. (h/jon)

Dilarang Mendaki ke Marapi

PADANG PANJANG, HALUAN — Kapolres Padang Panjang Sofyan Hidayat melarang masyarakat melakukan pendakian puncak Gunung Merapi dan Singgalang “Kita akan menutup pendakian Gunung Merapi karena sangat berbahaya. Sebab hingga kini Gunung Merapi masih sering meletus “ kata Sofyan Hidayat menjawab Haluan, Jumat siang Untuk pengamanan Natal dan penyambutan malam tahun baru, Polres kota Padang Panjang menurunkan 2/3 dari seluruh personelnya melalui operasi Lilin 2011 guna pengamanan natalan di gereja dan pengamanan malam pergantian tahun. Biasanya aktifitas malam pergantian tahun itu diramaikan anak-anak muda. “Mereka menunggunya di tempat tempat wisata, ada juga yang mendaki gunung,” kata Sofyan Hidayat Lokasi yang menjadi sasaran utama adalah obyek obyek wisata seperti Tanjung Mutiara, kawasan Koto Baru sebab walaupun sudah dilakukan pelarangan mendaki gunung, namun masih saja ada remaja yang mencoba melakukan pendakian tanpa sepengetahuan petugas. Di malam pergantian tahun biasanya ikut mendorong peningkatan arus lalu lintas. Untuk itu, petugas akan dikerahkan juga ke daerah daerah rawat macet seperti Lembah Anai, Kubu karambia dan tempat tempat hiburan Kepada masyarakat Sofyan Hidayat menghimbau agar memanfaatkan malam pergantian tahun ini dengan penuh hati hati. Kita tak menginginkan terjadi isak tangis ditengah suasana kegembiraan itu, harap Kapolres Padang Panjang. (h/one)

NASIONAL 3

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

Kekerasan di Bima Dikecam

KALEIDOSKOP 2011 8 JANUARI Elfa Secioria, musisi Indonesia meninggal dunia pada usia 51 tahun.

JAKARTA, HALUAN— Siaran pers PP Muhammadiyah menyebut tindakan kekerasan aparat di Bima, mencerminkan tirani dan arogansi kekuasaan dari negara dan aparat yang tidak melindungi rakyatnya.

19 JANUARI Terdakwa kasus mafia pajak Gayus Tambunan dinyatakan bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan dijatuhkan hukuman 7 tahun penjara dan denda sebesar Rp 300 juta.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengecam keras tindakan brutal aparat keamanan yang menewaskan sejumlah warga sipil di Bima, NTB. Insiden di Bima, menurut Din, berpangkal pada sikap pemerintah yang tidak bijak, tidak berpihak kepada rakyat dan hanya membela kepentingan pengusaha. “Seyogyanya aspirasi rakyat diperhatikan dan dipertimbangkan melalui dialog-dialog intensif dan persuasif,” kata Din. Tindakan aparat keamanan, kata Din, merupakan pelanggaran hak asasi manusia berat yang harus diproses melalui jalur hukum secara adil. Din juga meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk tidak diam dan mendesak Kapolri untuk bertanggungjawab. Din Syamsuddin berharap kasus yang terjadi di Bima, Nusa Tenggara Barat, diusut tuntas karena menimbulkan korban jiwa. “Penegak hukum juga harus menemukan pihak yang bertanggung jawab atas peristiwa di Bima karena kasus

27 JANUARI Orangutan Sumatra menjadi spesies Hominidae ketiga yang telah diurutkan genomnya, setelah manusia dan simpanse. 28 JANUARI Setidaknya tiga orang tewas dan 26 orang lainnya terluka dalam tabrakan kereta api di Stasiun Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, Indonesia. 4 FEBRUARI Politisi Indonesia, Adjie Massaid meninggal dunia pada usia 43 tahun di Jakarta. 6 FEBRUARI Sekelompok warga menyerang jemaah Ahmadiyyah di Cikeusik, Pandeglang, Banten. 7 FEBRUARI Kecelakaan bus terjadi di Temanggung yang menyebabkan 11 orang tewas dan 37 orang luka-luka. 8 FEBRUARI Kebakaran kapal terjadi di 2 mil dari Pulau Damar, Kepulauan Seribu. Sekelompok warga menyerang gereja di Temanggung, Jawa Tengah.

MASRIL KOTO

LKMA Gerakan Pembebasan Rakyat

12 FEBRUARI Pesawat jatuh di Tanjung Berakit, Kabupaten Bintan saat tes penerbangan. 15 Februari Sekelompok warga menyerang Pondok Pesantren Yayasan Pendidikan Islam (Yapi) di Pasuruan, Jawa Timur. 21 FEBRUARI Stasiun televisi swasta, Indosiar serta SCTV melakukan penggabungan perusahaan. (dn/Bersambung)

ANTARA

DOA KORBAN TSUNAMI-Warga khusyuk berdoa untuk korban tsunami 26 Desember 2004 di Masjid Gano, Lamdingin Kec Kuta Alam Kota Banda Aceh, Ahad (25/12). Ratusan warga menggelar doa dalam rangka mengenang tujuh tahun bencana tsunami yang menewaskan 200 ribu jiwa lebih warga di Provinsi Aceh tujuh tahun lalu.

Napi Korupsi Tanpa Remisi

JAKARTA, HALUAN — Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) Sihabudin mengatakan, remisi khusus Natal tidak diberikan kepada napi kasus korupsi yang beragama Nasrani. “Remisi Natal memang diperuntukkan bagi napi beragama Nasrani. Namun, untuk napi yang terkait kasus korupsi tidak diberikan sama sekali,” kata Sihabudin kepada wartawan di sela-sela pemberian remisi khusus Hari Raya Natal Tahun 2011, di Lembaga Pemasyarakatan Batu, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Minggu. Menurut dia, tidak diberikannya remisi bagi napi kasus korupsi ini sudah menjadi kebijakan pemerintah. Selain koruptor, kata dia, napi yang tidak memperoleh remisi adalah narapidana kasus narkoba, teroris, dan kejahatan transnasional. Dalam perayaan Natal Tahun 2011, lanjutnya, Kemkumham memberikan remisi khusus bagi 6.280 napi yang tersebar di seluruh Indonesia, 170 orang di antaranya bebas pada Hari Natal dan sisanya hanya memperoleh pengurangan masa hukuman. Data yang dihimpun, jumlah penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan)

123

seluruh Indonesia saat ini adalah 142.285 orang. Dari jumlah tersebut, 90.958 orang di antaranya merupakan narapidana yang terdiri narapidana dewasa sebanyak 87.677 orang dan narapidana anak 3.281 orang. Sementara sisanya merupakan tahanan dengan jumlah total 51.327 orang, terdiri tahanan dewasa sebanyak 49.099 orang dan tahanan anak 2.228 orang. Di Indonesia terdapat 428 lapas dan rutan dengan total kapasitas sebanyak 96.491 orang sehingga terjadi kelebihan kapasitas sebesar 147 persen (jumlah penghuni saat ini mencapai 142.258 orang, red.). Dari 33 wilayah Kementerian Hukum dan HAM, hanya sembilan wilayah yang tidak mengalami kelebihan kapasitas, yakni Yogyakarta masih bisa menampung 347 napi lagi, Jawa Tengah sebanyak 781, Sulawesi Barat 186, Sulawesi Selatan 345, Sulawesi Tengah 145, Sulawesi Utara sebanyak 48 orang, Maluku sebanyak 417, dan Papua 529. Sementara wilayah yang memberikan remisi khusus terbanyak adalah Kantor Wilayah (Kanwil) Nusa Tenggara Timur ada 1.756 orang, Kanwil Sumatera Utara ada 875 orang, dan Kanwil Sulawesi Utara 596 orang. (ant)

Hati yang perempuan terbang membubung ke langit hijau, mencari kepuasan di dalam khayal, dan hati yang laki-laki hinggap di wajah dan pangkuan perempuanperempuan cantik, yang Surabaya memang pasarnya. Demikian kehidupan kedua makhluk itu sekian lamanya, sampai kepada masa pertemuan dengan Zainuddin itu. Setelah terjadi pertemuan itu, pulang juga sedikit kesenangan hati Hayati. Karena rupanya masih ada di dunia ini orang yang pernah mencintainya dahulu. Dahulu! Cuma yang diselidiknyameskipun hanya sekedar mau tahu- menurut sifat yang ada pada tiap-tiap perempuan: Apakah Zainuddin masih ingat

Anas Tuding Nazar Bohong JAKARTA, HALUAN—Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyatakan dirinya tidak terkait sama sekali dengan proyek yang melibatkan Muhammad Nazaruddin dan aliran dana berbagai perkara korupsi baik wisma atlet maupun Hambalang. “Saya dengan tegas mengatakan apa yang disampaikan itu bukan keterangan maupun penjelasan. Yang disampaikan itu karangan dan kebohongan,” kata Anas, Minggu. Anas menyerahkan sepenuhnya kepada proses hukum. Anas mengungkapkan pihaknya tetap bekerja seperti biasa dan tak terpengaruh atas tuduhantuduhan yang ditudingkan Nazarudin kepadanya. “Saya tidak ingin menjawab dengan verbal, silahkan diselidiki dengan tuntas dan gamblang berdasarkan buktibukti yang objektif. Itu akan menjawab dengan tuntas,” ungkap Anas Urbaningrum. Sebelumnya Nazar menu-

kepadanya? Perkenalan mereka itu membesarkan hatinya, dia hendak tahu pikiran Zainuddin, hanya sekedar tahu, lain tidak. Karena akan mangkir kepada pertalian yang telah dibuhulkan oleh kalimat suci, dia tak mau. Dia telah ditakdirkan Tuhan buat bersengsara. Dia akan melalui takdir itu sampai Tuhan sendiri pula yang membukakannya, yaitu dengan kafan dan pekuburan.

ding Anas dan sejumlah elite PD terlibat dalam sejumlah proyek. Anas bahkan dituding menerima uang suap dari PT Adhi Karya untuk memenangkan Proyek Hambalang. Sejak disidangkan, Nazar memang kerap menyebut Anas sebagai orang yang punya peran dalam sejumlah proyek yang dimenangkan PT Adhi Karya. Bahkan Nazar memperlihatkan kwitansi yang diduga diserahkan kepada Anas dengan nilai hampir US$ 7 juta. Soal bukti kuitansi, Anas meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menyelidikinya dengan tuntas. “Bagus, diserahkan ke KPK saja kalau ada,” ujarnya. Namun ia yakin barang bukti itu tak bisa membuktikan apa pun tentang keterlibatan dirinya. “Itu tidak menjelaskan apa-apa. Kami dukung dan dorong KPK bekerja dengan obyektif, profesional, dan tuntas,” ujarnya.(jum)

GORONTALO, HALUAN— Tokoh pengembang Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA) asal Minangkabau, Sumatera Barat, Masril Koto mengatakan bahwa LKMA merupakan gerakan pembebasan masyarakat dari belenggu rentenir dan jeratan kemiskinan. Hal itu disampaikan dalam kunjungannya selama seminggu ke sentra-sentra usaha kecil menengah (UKM) di Gorontalo atas prakarsa Bank Indonesia (BI) Gorontalo. “ Dengan LKMA para anggotanya dan masyarakat kecil bisa menghindari hutang kepada rentenir yang membelenggu leher dan membuat mereka semakin miskin,” katanya di Gorontalo, Minggu (25/12). Selain itu LKMA juga menjadi gerakan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kapasitas dalam kegiatan ekonomi riil dan kelembagaannya menuju tatanan perekonomian yang maju dan makmur. “ Dengan sifanya yang seperti itu LKMA dapat membawa masyarakat menuju struktur masyarakat madani yang adil dan berkemakmuran berlandaskan akhlaq mulia dan ridha Allah,” lanjutnya. Dikatakan, hal itu terjadi karena modal LKMA bersumber dari anggotanya berupa simpanan pokok dan wajib, serta simpanan sukarela. “ Juga bisa ditambahkan dengan

MASRIL KOTO

simpanan pokok khusus sebagai penguat modal, semacam saham pada perseroan terbatas dan bank,” jelasnya. Dana yang berhasil dihimpun kemudian didistribusikan kepada anggota-anggotanya dalam bentuk kredit, pinjaman atau pembiayaan. “ Dalam peminjaman juga bisa disertakan barang jaminan, namun pertimbangan terbaik memberi pinjaman tetap pada karakter peminjam sendiri,” katanya. Namun demikian, Masril mengingatkan LKMA merupakan lembaga yang berorientasi bisnis mencari laba bersama, bukan lembaga sosial, yang ditumbuhkan dari bawah berdasarkan peran serta masyarakat sekitarnya, dan menjadi milik bersama bukan perseorangan. (ant)

PKS ‘Pede’ Tanpa Koalisi

JAKARTA, HALUAN—Partai Keadilan Sejahtera (PKS) percaya diri bisa melaju sendiri tanpa koalisi dalam Pemilu Kepala Daerah DKI Jakarta. Rasa percaya diri itu timbul, jika PKS bisa menggaet suara perempuan di Jakarta.Seperti halnya yang

Rumah Tangga

GOLONGAN yang kedua tadi, negeri yang mereka sukai ialah dimana yang masih belum dicampuri tangan manusia, bagianbagian yang aman dan tenteram. Kalau kita tilik kepada Hayati, lebih akan nyatalah “Hayati” -nya bila dia tinggal di kampungnya yang kaya dengan anugerah Allah yang abadi. Dan akan hilang perhatiannya dalam hidup jika dia tingga di kota yang hiruk pikuk sebagai Surabaya itu. Sebaliknya suaminya, masuk kota Surabaya adalah laksana ikan dimasukan ke dalam air, disanalah baru bebas dia berenang. Sejak berapa lama, perhubungan kedua suami istri itu, hanya perhubungan akad nikah, bukan perhubungan akad hati lagi.

kekerasan yang terjadi tergolong pelanggaran hak asasi manusia berat,” kata Din usai meresmikan Masjid At Taqwa di Desa Sumanding, Kabupaten Jepara, Minggu (25/12). Ia sedih mengetahui bentrok antara aparat dan warga di Bima telah menimbulkan korban jiwa, yang di antaranya merenggut nyawa warga Muhamamdiyah. Kasus kekerasan tersebut berawal dari aspirasi warga yang menolak hadirnya pertambangan di wilayah itu. Seharusnya, kata dia, aparat penegak hukum dan pemerintah daerah bisa menyalurkan aspirasi mereka melalui forum diskusi dan dialog. “Saya berharap kasus yang terjadi di Bima tidak terulang di daerah lain,” katanya. Sementara Kepolisian Negara RI sudah mengamankan 31 orang terkait bentrok antara pengunjuk rasa dengan polisi di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. “Mereka terdiri dari 25 dewasa dan enam anak,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution. (dn/ant)

disampaikan Presiden PKS Lutfi Hasan Ishaq disela acara ‘Family Expo 2011, Cinta untuk Ibu Indonesia’ di pelataran Kota Tua, Jakarta, Sabtu. “Kita musti tahu bahwa 50 persen penghuni Jakarta adalah wanita. Jadi kalau wanitanya

memilih kita jadi tanpa koalisi juga kita yakin menang,” cetus Lutfi dengan yakin. Seperti diketahui, PKS secara resmi akan mengusung Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana alias Bang Sani, untuk maju dalam pencalonan

gubernur. Namun PKS belum menentukan siapa wakilnya. Saat ditanya mengenai hal itu, lagi-lagi Lutfi menjawab dengan canda. “Kita tunggu pendapat ibuibu. Ini kan hari ibu, jadi serahkan kepada ibu-ibu,” tandasnya dengan tawa berderai. (inc)

Puluhan aktivis mahasiswa, petani, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) melaksanakan shalat gaib di depan gerbang DPR, Jakarta, untuk memberikan penghormatan terakhir dan mendoakan korban tewas dalam bentrokan massa dengan aparat kepolisian di Bima.

ANTARA

4 OPINI

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

Haluan Kita Semangat Antikorupsi dalam Pesan Natal DAMAI, itu kata yang diharap semua orang dalam perayaan natal dan tahun baru kali ini. Sebuah harapan yang tidak terlalu berlebihan mengingat pada tahun-tahun sebelumnya perayaan pesta keagamaan senantiasa diwarnai aksi teror dari perusakan sampai ke terosr bom yang memnjatuhkan korban nyawa dan harta. Di Sumatera Barat berkat rasa saling pengertian antarsesama umat beragama, tidak ada terjadi gesekan dan perselisihan horizontal yang memicu ketegangan antarumat beragama. Perayaan natal tahun ini di Sumatera Barat berlangsung aman dan tentram. Di tengah masyarakat Minangkabau yang juga amat terkenal dengan adat basandi syara’ nya itu, umat Kristiani merayakan Natal dengan damai. Sebuah apressiasi yang besar harus diberikan kepada masyarakat Sumatera Barat amat toleran ini. Dapat kita baca pesan-pesan natal yang disampaikan kalangan Kristiani tahun ini di seluruh Indonesia, bahwa damai dan hidup penuh rasa hormat-menghormati adalah kebahagiaan semua umat. Slah satu pesan itu berbunyi bahwa jika manusia berbagi kebahagiaan kepada sesama, maka kebahagiaan akan bertambah. Sedangkan jika manusia berbagi penderitaan kepada sesama saat mengalami kesulitan hidup, maka penderitaan akan berkurang. Hari ini kondisi Bangsa Indonesia yang masih berada dalam kegelapan dan kesengsaraan karena kasus-kasus besar korupsi. Korupsi yang melanda Indonesia membuat bangsa ini seperti tidak memiliki masa depan yang cerah. Kasus-kasus korupsi seakan tidak pernah berakhir, dan menimbulkan frustasi masyarakat. Sayangnya, pemimpin di negeri ini kurang peka. Maka ajakan para pemuka Kristiani untuk hidup sederhana tanpa harus terdorong mencari jalan pintas mengatasi masalah ekonomi dengan jalan korupsi adalah sebuah ajakan simpati. Pesan antikorupsi adalah pesan yang tidak hanya digemakan ketika perayaan Natal ini saja. Tetapi ia harus terus menerus dipupuk dimanapun dan kapan pun oleh siapapun di republik ini. Satu frasa dalam idiom Kristian: ‘jiwa terang’ akan lebih bermakna sebagai pembersihan jiwa. Semangat korupsi dan budaya koruptif muncul pada jiwa-jiwa yang tidak terang, tidak bersih. Jiwa yang tidak mau menerima apa yang ada, tidak mensyukuri apa yang sudah diberikan Yang Maha Pemberi kepadanya. Para koruptor tidak mau bertahan miskin dan jika sudah berangsur bebeas dari kemiskinan juga tidak mau tinggal diam di tempat, ia masih terus berambisi mengejar lebih banyak dan lebih banyak lagi harta meskipun itu dengan cara yang melawan hukum. Begitulah, agaknya tidak hanya umat Nasrani yang menyerukan agar semua berjiwa bersih, sesuci bayi yang baru lahir. Tetapi semua agama haruslah berada di garda terdepan dalam rangka perang terhadap korupsi. Karena agamalah yang paling pas mengajak orang berakhlak mulia. Budaya koruptif adalah budaya yang menunjukkan ketidakbersihan jiwa. Ketidakbersihan jiwa itu nadalah penanda utama seseorang akan jauh dari akhlak yang baik. Natal di tengah karut-marutnya bangsa, lazimnya jadi kesempatan emas membangkitkan dan menggerakkan peradaban cinta kasih sesama. Terang hati niscaya dipancarluaskan di mana pun, dan kapan pun. Buktinya sebelum ini tokoh-tokoh agama di Indonesia sudah mencoba terlibat untuk membuat suatu gerakan antikorupsi. Meskipun kemudian masih perlu dipergencar lagi dan lebih kerasa lagi suara para pemuka agama untuk memerangi korupsi itu. Lalu kenapa agama menjadi seperti tidak bergigi melawan korupsi? Karena agama tidak memiliki polisi untuk itu. Tapi itu tidak boleh membuat kita menjadi tidak percaya pada agama. Fungsi-fungsi sebagai penyeru sudah dilakukan oleh para pemuka agama untuk melawan korupsi. Para pemuka agama sudah mengajak semua aparat hukum untuk bersatu memberantas korupsi ke akar-akarnya. Tinggal lagi bagaimana aparatur hukum itu sungguh-sungguh, lantaran merekalah yang memiliki alat-alat untuk menindak dan menghukum para koruptor. Hari ini pada perayaan Natal dan tahun baru, para pemuka Nasrani sudah menyerukan agar semua elemen bangsa hidup bersih dan menjauhi korupsi. Ini sekaligus memberi pengertian kepada semua elemen bangsa untuk berusaha bekerja maksimal memenuhi kebutuhan kehidupan dengan kreatifitas dan profesional. Hanyalah keratif dan profesional yang akan melenggangkan seseorang untuk mendapatkan kebutuhan hidup yang memadai, lalu agamalah yang berperan mengatur setiap gerak langkah manusia agar senantiasa tidak terperosok kepada nafsu serakah menghalalkan segala cara demi bisa menumpuk lebih banyak lagi kebutuhan yang sebenarnya sudah berlebih-lebihan dia peroleh. Selamat Natal dan Tahun Baru!***

„ Pesisir Selatan dilanda bencana lagi, kali ini abrasi dan putting beliung „ Astgahfirullah…. „ Garuda siap terbang lagi dari Padang ke Singapura „ Siap-siap devisa juga terbang ke Singapura

Haluan Aspirasi

082170625544/ 08163253248

Traffic Light Tak Dipedulikan Kepada Yth. Kapolrestas Padang. MOHON kesediaan Bapak Kapolres menempatkan anggota Polantas di simpang By Pass Balaibaru, setidaknya setiap jam sibuk (pagi dan sore). Simpang ini sangat rawan kecelakaan, karena pengguna jalan dari empat penjuru persimpangan sering menerobos lampu merah (traffic light). Bahkan, lampu merah di simpang ini sepertinya sudah tidak dipedulikan lagi, karena terbiasa menerobos setiap hari. Padahal, simpang ini merupakan salah satu simpang terpadat di sepanjang Jalan By Pass. Untuk mengatasi hal ini, alangkah baiknya Bapak menempatkan anggota Lantas dan terapkan Tilang bagi yang melanggar, biar mereka jera. Terima kasih. 08217477XXX

Terbit Sejak 1948 Pendiri H. Kasoema

Penerbit: PT Haluan Sumbar Mandiri (Haluan Media Group). SIUPP No 014.SK.Menpen.SIUPP A.7 1985 tanggal 19 November 1985.

Membangun tanpa Mengubah Status Kawasan OLEH :

AZWAR RASYIDIN

Guru Besar Faperta Unand, Ketua Perhimpunan Alumni dari Jepang (PERSADA) wilayah Sumatera Barat.

Sumatra Barat memiliki daerah yang didominasi oleh daerah berbukit sampai bergunung, sekitar 68% areal Sumatra Barat terdiri dari daerah gunung api, daerah pegunungan dan plato, serta daerah perbukitan. Hal itu berarti bahwa daerah Sumatra barat hanya 32% yang relatif agak landai. Wilayah Sumatra Barat dibelah oleh patahan semangka, patahan ini jugamerupakan pembatas antara daerah pedalaman dengan pesisir. Hal ini merupakan suatu hambatan dalam masalah mobilisasi di Sumatera Barat. Bentuk lahan yang didominasi oleh lahan dengan kemiringan >16% juga merupakan suatu hambatan dalam pengembangan usaha perkebunan, atau membuka areal perbukitan dan pegunungan untuk diusahakan sebagai lahan budidaya pertanian. Wilayah pesisir juga memiliki curah hujan yang relatif tinggi dengan rentang curah hujan tahuan antara 3500-5000mm. jarak antara pegunungan ke pesisir relatif pendek dengan gradient aliran yang tajam. Kondisi ini akan memberi kemungkinan dataran rendah di wilayah pesisir rentan terhadap banjir, apalagi bila curah hujan tinggi bersamaan dengan pasang naik. Sumatra Barat tanpa pesisir akan menjadi wilayah tanpa makna. Untuk penghubung antara pedalaman dan pesisir hanya ada tiga jalur, yaitu jalur jalan yang dibangun sejak masa pemerintahan kolonial. Dua dari tiga jalur tersebut memotong kawasan hutan lindung, jalur Padang-Solok memotong hutan lindung Bukit Barisan II, dan jalur Padang-Padang Panjang memotong hutan lindung Anai, jalur ini adalah salah satu jalur penghubung yang dekat ke pedalaman

OLEH :

Sumatra Barat. Sedangkan jalur Maninjau harus melewati lereng kaldera Maninjau yang tajam dan berliku-liku. Perluasan atau pelebaran jalan yang dilakukan punya resiko tinggi karena ketiga jalur ini melewati wilayah yang relatif tidak stabil secara geologis dan memiliki daya dukung yang rendah untuk dilewati oleh kendaraan berat. Daerah pedalaman dikenal sebagai daerah wisata, baik sebagai wisata alam ataupun sebagai wisata budaya, dimasa mendatang kemungkinan akan berkembang menjadi wisata alam pertanian yang berorientasi lingkungan (agroecotourism). Kemungkinan ini disebabkan areal di lereng bawah pegunungan vulkanik adalah areal persawahan yang sangat indah dan produktif, lereng lereng gunung ini sebagian menyatu dengan daerah berfisiografi teras danau, seperti danau Singkarak yang dilingkari oleh daerah lereng Marapi di utara dan lereng gunung talang di selatan. Demikian juga dengan danau Maninjau yang di pinggirrannya terhampar sawah yang luas. Model transportasi di kawasan lindung Pembukaan areal kawasan lindung untuk jalur transportasi adalah sesuatu yang membahayakan untuk kawasan itu sendiri dan kawasan dihilirnya. Mungkin itulah salah satu alasan kenapa rencana jalan kambang-Muaro Labuah sulit terwujud karena jalur jalan ini memotong kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ( TNKS). Berbeda dengan jalan

yang telah ada yang menghubungkan antara pesisir dengan pedalaman yang sudah ada dan dibangun dengan berdasarkan alur garis kontur. Dan pada kenyataan ketika dilakukan pemotongan untuk meluruskan jalan maka jalur yang ada berada pada bagian batuan yang kekerasan berbeda sehingga wilayah mudah longsor. Pembuatan jalan tembus pedalaman pesisir oleh pemerintahan colonial barangkali dalam rangka mobilisasi pasukan, yaitu membuat jalan yang dapat dilewati artileri berat dengan beban maksimum 20 ton. Sedangkan untuk beban yang lebih berat jalur transportasi itu dilengkapi dengan rel kereta api. Antara jalan raya dan jalur kereta api terlihat berbarengan, kecuali pada tempat tempat tertentu. Beban jalur Padang-Padang Panjang menjadi sangat tinggi ketika jalur Padang- Solok mengalami longsor. Hal itu berarti hampir semua truck angkutan barang harus melewati jalur Padang-Padang panjang. Luas jalur yang tidak berobah sejak zaman kolonial memiliki beban yang sangat luar biasa, gerakan mobil yang biasanya memungkinkan dengan kecepatan 60km/jam atau lebih harus bergrak dengan kecepatan 10-20km/jam. Suatu model pemborosan energi yang sangat baik dikala pemerintah berteriak teriak hemat energi dan penetapan jatah bahan bakar minyak. Perluasan pada jalur Padang panjang – Padang yang melintasi patahan sempit di Lembah Anai memilki resiko sangat tinggi. Lihat saja perluasan Jalur Padang Solok, pada beberapa tempat sering longsor dan pada beberapa tempat jalan bergelombang sehingga membahayakan bagi pengendara kenderaan, karena kelihatan licin dan berhotmix, tapi jalan tersebut dibawahnya lembek sehingga tekanan truck membuat lapisan tersebut

bergelombang. Perhitungan dan beban dari struktur terhadap lapisan batuan di bawahnya menjadi perhatian serius dari ahli geologi Belanda. Karena itu Belanda mengembangkan jalur rel kereta api untuk melewati daerah lintas tengah atau yang berada dalam jalur patahan semangka, seperti jalur PadangPadang Panjang, atau Padang Panjang Bukittinggi dan Payakumbuh. Dalam rangka mempertimbangkan bahwa daerah Sumatera Barat adalah daerah wisata, Sumbar perlu memikirkan kenyamanan dan ketepatan waktu yang akan ditempuh oleh wisatawan. Kenyamanan akan menjadi suatu bentuk promosi yang akan mendatangkan para wisatawan berlibur dan menghabiskan uangnya untuk berbelanja di Sumatera Barat. Dan mengingat bahwa struktur jalan tiak memiliki dukungan dari struktur geologi batuan yang berada pada graben tengah Sumatera, yang salah satunya adalah melewati Lembah Anai, dan Sitinjau Laut. Sumatera Barat perlu mengembangkan jalur transportasi rel. Jalaur jalan raya yang berada pada daerah patahan hanya dibatasi pada mobil penumpang biasa dan atau truk barang yang bertonase rendah. Kemacetan juga membuat emisi bertambah dan tingkat pencemaran udara tinggi sehingga tidak nyaman bagi penduduk. Arus barang akan lebih baik menggunakan jalur kereta api dan ini tentunya akan mengurangi pendapatan bagi pengusaha truk. Supaya hal ini tidak terjadi maka model transportasi yang dikembangkan adalah model pendanaan bersama, yaitu pengusaha truk memungkinkan untuk menanamkan modalnya di dalam perusahaan ini. Bila sistem transpsortasi rel berkembang, maka Singkarak menjadi ikon wisata yang akan berkembang lebih baik, karena

selain suasana yang memang bagus, stasiun Batu Tebal yang dulu merupakan stasiun terbesar di zaman Belanda akan kembali ramai. Karena beban tonase truk di batasi, maka Batu Tebal adalah tempat pemindahan muatan berat ke transportasi rel. Sedangkan batu bara dapat dibawa langsung dari Sawah Lunto menuju Padang. Transportasi rel banyak diakui oleh dunia lebih hemat energi , ramah lingkungan dan dapat digunakan untuk menembus kawasan lindung. Dengan meniru model jalur kereta api yang melintasi Lembah Anai, maka jalan Raya Kambang – Muara labuh kemungkinan besar dapat terwujud, bila saja pemerintah Sumatera Barat menawarkan konsep jalur rel yang menembus kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang hanya berjarak 20km. karena pada jalur rel atau jalur kabel tidak mungkin akan terbentuk penambahan perkampungan. Kawasan lindung bukan berarti tidak dapat di manfaatkan, hanya saja perlu pertimbangan bahwa pembangunan yang dilakukan tidak akan merusak fungsi kawasan. Untuk tidak merusak fungsi kawasan maka hanya ada dua tekhnik transportasi yaitu jalur transportasi Rel dan jalur trowongan. Bila Sumatera Barat dapat mengatur beban jalan raya dan membuat pemisahan, sehingga jalan menjadi aman dan menyenangkan. Hal ini hanya mungkin bila angkutan barang di lakukan dengan transportasi rel, maka Sumatera barat akan menjadi sebuah mdel ikon ekowisata. Berdsarkan model pengaturan tersebut maka Sumbar dapat mengajukan kembali transportasi Kambang-Muara Labuh, yaitu dengan catatan pada kawasan TNKS seluruh jalur transport adalah Rel. Dengan cara demikian Sumbar akan berkembang tanpa merusak lingkungan. „

Korupsi dan Ramainya Tempat Ibadah

ARNAZ FERIAL FIRMAN

LKBN Antara

MAJELIS Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Jakarta pada hari Senin (28/ 11) menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara terhadap mantan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Soemino Eko Saputro, karena terbukti bersalah dalam kasus korupsi pengangkutan kereta api listrik alias krl dari Jepang. “Menyatakan terdakwa Ir Soemino Eko Saputro terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersamasama,” kata Ketua Majelis Hakim Marsudi Nainggolan saat membacakan amar atau vonis putusan tersebut. Selain hukuman penjara, maka Soemino juga diharuskan membayar denda Rp100 juta subsider tiga bulan kurungan. Soemino merupakan salah seorang mantan pejabat tinggi negara yang terpaksa harus menikmati dinginnya tembok penjara karena dianggap telah merugikan negara. Sebelumnya, sejumlah bekas orang penting juga divonis bersalah dalam kasus tuduhan korupsi termasuk antara lain mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri. Sementara itu, seorang wakil rakyat di Dewan Per-

wakilan Rakyat (DPR) dari Partai Persatuan Pembangunan, Sofyan Usman ketika disidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di DKI Jakarta melontarkan ucapan yang aneh saat membela diri atas tuduhan kasus korupsi yang ditujukan kepada dirinya. “Apakah saya seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan berniat membantu pembangunan sebuah mesjid pantas dihukum penjara,” kata Sofyan di Jakarta pada Kamis, 22 Desember 2011. Sofyan Usman diajukan ke meja hijau, karena saat menjadi anggota DPR tahun 2009 didakwa menerima uang tunai tidak kurang dari Rp150 juta dan cek pelawat atau travel chek senilai Rp850 juta dari Otorita Batam, Kepulauan Riau. “Saya engga merasa korupsi karena uang yang saya terima itu engga saya manfaatkan untuk kepentingan pribadi dan orang lain. Jadi saya engga ada beban. Siapa pun yang menjadi pimpinan pembangunan mesjid, pasti akan mencari uang kesanakemari,” kata Sofyan yang saat itu juga berstatus pidana dalam kasus suap cek pelawat pemilihan deputi Gubernur Senior Bank Indonesia tahun 2004.

Kasus sofyan itu muncul dalam kaitannya dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan tahun 2009 bagi Otorita Batam sebesar Rp85 miliar. Ketika mengomentari pembelaan diri Sofyan yang mengaitkan uang korupsi yang diterimanya dengan dengan pembangunan sebuah mesjid, seorang cendekiawan muslim terkemuka memberikan tanggapan yang keras dan tajam. “Korupsi dan sedekah itu hal yang terpisah. Jangan dicampuradukkan,” kata Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Komaruddin Hidayat. Dengan nasa yang sangat jelas, kemudian Komaruddin Hidayat berkomentar “Agama seharusnya mendukung pemberantasan korupsi dan bukannya malah menghambat”. Kasus korupsi yang dituduhkan kepada mantan anggota DPR itu serta mantan Dirjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan itu baru merupakan beberapa kasus dugaan korupsi yang terjadi di tanah air hingga saat ini. Baru-baru ini, misalnya beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Semarang, Jawa Tengah ditahan bersama seorang pejabat Pemerintah Kota Semarang dalam kaitan pembicaraan RAPBD tahun 2012 bagi ibu kota Provinsi Jawa

Tengah itu. Presiden Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam rapat yang berlangsung di Istana Bogor, baru-baru ini mengeluarkan pernyataan tentang kasus- kasus korupsi yang masih terjadi di lingkungan pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah. “Kalau dulu yang menjadi hambatan adalah situasi keamanan, tapi sekarang birokrasi yang dianggap menjadi penghambat, kedua adalah penyediaan infrastruktur dan ketiga adalah korupsi,” kata Presiden di Istana Bogor pada 23 Desember 2011. Yudhoyono yang dalam berbagai kesempatan menyatakan dirinya siap berada pada garis terdepan dalam program pemberantasan korupsi, kemudian berkata” Kalau korupsi, infrastruktur dapat diatasi, maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi lagi”. Khusus mengenai para koruptor anggaran pemerintah, Kepala Negara berkata” Kalau memang sungguh menjadi penghalang, mereka tidak mau berubah, maka harus kita ikhlaskan untuk tidak bersamasam lagi dalam menjalankan tugas karena mengganggu segalanya”. Jika Presiden sudah berkata begitu, maka tentu rakyat bisa berharap semua koruptor anggaran belanja pemerintah itu diberhentikan atau dipecat

saja dari jajaran pemerintahan agar laju pembangunan nasional tidak terus terhambat atau “berjalan di tempat”. Dalam kasus-kasus korupsi tersebut, ucapan seorang pastor di Temanggung, Jawa Tengah di acara peringatan Natal pada hari Minggu (25/12), Romo Dwi Nugroho Sulistyo patut direnungkan oleh semua orang. “Tindakan korupsi dilakukan orang beragama karena orang tersebut hanya beragama di tempat beribadah, sedangkan dalam kehidupan sehari-hari jauh dari agama”. Romo Dwi Nugroho kemudian berkata pula bahwa” Ada kecenderungan orang hanya beragama di tempattempat beribadah sehingga kurang dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari”. Ungkapan romo ini patut direnungkan karena sekalipun gereja, vihara, kuil dan mesjid dipenuhi ummatnya pada saat ada ibadah, korupsi tetap saja terjadi dimana-mana. Penegasan Presiden untuk siap menyingkirkan para pejabat yang tidak mau berhenti berkorupsi serta khotbah sang romo bahwa masih banyak orang “beribadah” di tempat-tempat beribadah tapi tidak mau menerapkan hidup bersih atau bebas korupsi dalam kehidupan sehari-hari, seharusnya menyadarkan semua pihak bahwa kehidupan pada tahun 2012 masih penuh dengan tantangan dan godaan. „

Pemimpin Umum: H. Basrizal Koto, Pemimpin Redaksi: Zul Effendi, Pemimpin Perusahaan: Irfan Jasri, Wakil Pemimpin Redaksi: Eko Yanche Edrie, Dewan Redaksi : H. Hasril Chaniago (Ketua), Zul Effendi, Eko Yance Edrie, Ismet Fanany MD, Nasrul Azwar, Redaktur Pelaksana: Ismet Fanany MD, Nasrul Azwar, Sekretaris Redaksi: Silvia Oktarice, Koordinator Liputan: Rudi Antono, Koordinator Liputan Daerah: Syamsu Rizal, Redaktur: Aci Indrawadi, Afrianita, Atviarni, Dodi Nurja, Nova Anggraini, Perdana Putra, Rahmatul Akbar, Reporter Padang: Gusni Yenti Putri, David Ramadian, Gustedria, Haswandi, Andika Destika Khagen, Ade Budi Kurniati, Suswinda Ningsih, Mice Angelasari, Devi Diani, Defil, Nasrizal, Meidella Syahni Koresponden: Syamsuardi S, Jon Indra, Ridwan (Bukittinggi), Dedi Salim, Trisnaldi (Pariaman/Padang Pariaman), Zulkifli, Syafril Nita, Sri Mulyati, M Siebert (Payakumbuh/Limapuluh Kota), Atos Indria, Ahdi Susanto, Welina (Pasaman), Miazuddin, Kasra Scorpi (Agam), Iwan DN, Darwin Danin, Maison (Padang Panjang), Yuldaveri, Emrizal, Aldoys (Tanah Datar), M. Junir, Gusmizar (Pasaman Barat), Sabrul Bayang, M. Joni, Haridman (Pesisir Selatan), Syamsuardi Hasan, Riswan Jaya, Alfian, Almito, Marnus Chaniago (Kabupaten Solok/Kota Solok), Icol Dianto (Solok Selatan), Alamsyah Halim, Fadilla Jusman (Sawahlunto), Azneldi (Sijunjung), Ferry Maulana (Dharmasraya), Biro Jakarta: Syafruddin Al (Koordinator), Syafril Amir, Jamalis Jamin, Surya, Biro Riau: M. Moralis Biro Kepri: Yon Erizon Tim Kerja Usaha: Isbadri Bakri (Koordinator Sirkulasi), Nofriza Zaniyar, Alfarino Ikhsan (Koordinator Promosi), koordinator Iklan : Yunasbi, Tata Letak/Desain: Syafrizal (Koordinator), Nurfandri, Rahmad Doni, Rahmi, David Fernanda, HRD : Desmasari, Umum : Nurmi Jamal, Keuangan : Bedhendri, Kasir : Desy, TI : Teguh, Pra Cetak : Sawal Marjuni.HRP, Mai Hendri, Syamsul Hidayat, Cetak : Mardianto (Koordinator), Elvin Devino, Afandi, Rudi Kurniawan, Prasetyo, Jecky Jekcson. Alamat Redaksi/Bisnis: Komplek Bandara Tabing, Jl Hamka Padang. Telp. (0751)4488700, 4488701, 4488702, 4488703, Fax (0751) 4488704 Email: redaksi_haluan@yahoo.com, website: http/harianhaluan.com, Kantor Jakarta: Graha Basko, Jln. Kebun Kacang XXIX No.2A Jakarta Pusat 10240. Telp. (021) 3161472, 3161056 Fax. (021) 3915790, Harga Langganan/iklan: Harga langganan bulanan dalam kota Padang Rp57.000, Harga eceran Rp2.500,- Tarif iklan: FC: Rp25.000/mm kolom, Produk BW: Rp 10.000/mmkolom, Spot Colour: Rp20.000/mmkolom, Display: Rp 10.000/mmkolom, Sosial BW: Rp 8.000/mmkolom, Sosial FC: Rp 15.000/mmkolom, Iklan Mini(Max 1kolom X50mm) Rp 100.000/1 kali muat, Iklan Baris: Rp 10.000/baris Bank: BRI Cabang Padang Rek No: 0058-01-001430-30-8, Bank Nagari Cabang Utama Padang Rek No: 1008.0103.00009.1 PT Haluan Sumbar Mandiri Dicetak oleh Unit Percetakan PT Haluan Sumbar Mandiri Padang. Klik http://www.harianhaluan.com

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

01. Man. City 02. Man. United 03. Tottenham 04. Chelsea 05. Arsenal 06. Liverpool 07. Newcastle 08. Stoke City 09.Norwich 10.West Brom 11. Everton 12. Aston Villa 13.Fulham 14. Swansea 15.Sunderland 16.Queens PR 17. Wolverhampton 18.Wigan Athletic 19.Bolton 20.Blackburn

17 17 16 17 17 17 17 17 17 17 16 17 17 17 17 17 17 17 17 17

14 12 11 10 10 8 7 7 5 6 6 4 4 4 4 4 4 3 4 2

2 1 3 2 2 3 3 4 2 5 6 3 6 4 3 7 6 6 3 8 2 8 7 6 6 7 6 7 5 8 4 9 3 10 5 9 0 13 4 11

(53-15) (42-14) (32-19) (32-18) (33-24) (20-13) (23-22) (18-28) (27-31) (19-26) (17-19) (19-23) (18-23) (16-21) (21-21) (17-31) (19-32) (15-30) (22-39) (24-38)

44 42 35 33 32 30 27 24 21 21 20 19 18 18 17 16 15 14 12 10

JADWAL PERTANDINGAN Senin, (26/12) Chelsea Vs Fulham Man. United Vs Wigan Liverpool Vs Blackburn Sunderland Vs Everton Bolton Vs Newcastle West Brom Vs Man.City

20.00 WIB (MNC TV) 22.00 WIB (MNC TV) 22.00 WIB 22.00 WIB 22.00 WIB 22.00 WIB

Selasa (27/12) Stoke Vs Aston Villa Arsenal Vs Wolves Swansea Vs Queen PR

02.45 WIB 22.00 WIB (Global) 23.00 wib

Rabu (28/12) Norwich Vs Tottenham

02.45 WIB

01.AC Milan 02.Juventus 03.Udinese 04.Lazio 05.Inter Milan 06.Napoli 07.AS Roma 08.Catania 09.Palermo 10.Genoa 11.Chievo 12.Atalanta 13.Fiorentina 14.Cagliari 15.Parma 16.Siena 17.Bologna 18.Cesena 19.Novara 20.Lecce

16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16

10 9 9 8 8 6 7 5 6 6 5 6 4 4 5 3 4 3 2 2

4 7 5 6 2 6 3 7 3 3 5 8 6 6 4 6 3 3 6 3

2 0 2 2 6 4 6 4 7 7 6 2 6 6 7 7 9 10 8 11

(35-16) (27-11) (20-9) (24-13) (22-19) (29-18) (21-19) (20-23) (18-20) (19-24) (13-18) (23-19) (15-15) (12-17) (21-27) (14-16) (14-24) (8-20) (17-29) (17-33)

34 34 32 30 26 24 24 22 21 21 20 20 18 18 19 15 15 12 12 9

01.Madrid 02.Barcelona 03.Valencia 04.Levante 05.Sevilla 06.Malaga 07.Espanyol 08.Osasuna 09.Bilbao 10.Atletico 11.Real Betis 12.Getafe 13.Granada 14Mallorca 15. Sociedad 16.Vallecano 17.Villarreal 18.Gijon 19.Santander 20.Zaragoza

16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16

13 11 10 9 6 7 7 6 5 5 6 5 5 4 4 4 3 4 2 2

1 4 3 2 6 3 2 7 7 4 1 4 4 6 5 4 6 3 8 4

2 1 3 5 4 6 7 3 4 7 9 7 7 6 7 8 7 9 6 10

(56-15) 40 (50-8) 37 (26-16) 33 (25-19) 29 (18-17) 24 (22-20) 24 (16-20) 23 (21-28) 25 (23-19) 22 (23-26) 19 (17-22) 19 (14-21) 19 (10-16) 19 (15-22) 18 (16-23) 17 (16-18) 16 (13-23) 15 (16-27) 15 (11-21) 14 (13-31) 10

DITANTANG WIGAN — Ryan Giggs Cs akan melakoni pertandingan pekan ke 18. Setan Merah akan ditantang Wigan yang sukses menahan Chelsea dan Liverpool

MU Ditantang Sukses Wigan PADANG, HALUAN — England Premier League (EPL) langsung tancap gas. Sehari setelah perayaan Natal, pekan ke 18 EPL langsung digeber dengan enam pertandingan yang dilaksanakan pada Senin (26/12).

meruntuhkan dominasi Setan Merah pada 13 pertemuan terakhir, namun hasil imbang melawan Chelsea dan Liverpool dipercaya meningkatkan kepercayaan Wigan. Pelatih asal Spanyol ini berharap bisa mempertahankan satu kali kekalahan di 6 pertandingan terakhir mereka. "Dalam sejarah klub ini, kami tidak pernah mendapat poin dari Manchester United dan Old Trafford bisa akan menjadi tempat yang penuh akan intimidasi nantinya," ucap Martinez, Jumat (23/ MU dijadwalkan me12). ladeni Wigan Athletic "Saya tidak berpikir yang sukses mencuri angorang akan mengira kami ka saat dijamu Chelsea akan mendapat hasil danLiverpool, di Old Trafng positif saat bertandang u s g ford. Tim tamu, sepertinya ke Old Trafford dan hal Lan sedang di atas angin atas dua itu memberi kami moan C TV r a i N 12 kesuksesan tersebut. Manajer S tivasi ekstra juga ujian M B / di in, 26 00 WI Wigan, Roberto Martinez bersejauh mana kami bisa . n harap timnya bisa memberikan Se kul 22 memberi kejutan kepada u kejutan kepada Manchester P Manchester United di kandang United. mereka sendiri," pungkas Manajer berusia The Latics masih belum mampu 38 tahun itu. (net)

Operasi Tulang David Villa Sukses

MADRID, HALUAN — Pemain penyerang Barcelona, David Villa, yang Senin lalu menjalani operasi pada tulang kering (tibia) kaki kirinya karena patah, pulang dari rumah sakit pada Sabtu, klubnya

mengkonfirmasi dalam suatu pernyataan. Oleh karena itu, pemain berusia 30 tahun tersebut akan dapat menghabiskan perayaan Hari Natal di rumahnya bersama dengan keluarganya,

DAVID Villa dijemput petugas dari manajemen Barcelona FC dari Rumah Sakit

setelah dia mengalami cedera itu saat Barcelona menang 40 atas klub Qatar Al Sadd dalam laga semi final Piala Dunia Klub di Jepang pada 15 Desember lalu. Villa diperkirakan akan absen bermain selama empat hingga lima bulan, sehingga meninggalkan peluangnya untuk bisa memperkuat lagi Barcelona pada musim ini, atau beraksi bagi timnas Spanyol pada ajang Euro 2012, yang sungguh-sungguh diragukan. "Tujuan saya adalah bermain di final Liga Champions di Munich dan pada Euro 2012. Saya ingin bekerja keras untuk membuatnya berhasil," ujarnya di akun Twitter-nya setelah dia cedera, dengan menunjukkan keinginan kuatnya agar bisa secepatnya pulih. Setelah operasi itu, dok-

ternya, Ramon Cugat, mengakui bahwa Villa harus berpacu dengan waktu untuk bisa pulih sepenuhnya tetapi mengatakan, "kemungkinan selalu ada karena dia juga begitu berharap cepat sembuh dan yang terpenting adalah kondisi dirinya." Selain tidak diperkuat Villa, Barcelona juga harus bermain tanpa kehadiran Andres Iniesta selama beberapa pekan mendatang setelah dia menderita cedera otot-kaki saat menang 9-0 di ajang Copa del Rey melawan klub Hospitalet, Kamis lalu. Namun, pertandingan mendatang Barcelona tidak akan dimainkan hingga 4 Januari mendatang, saat Osasuna berkunjung ke kandang Barca, Camp Nou, pada leg pertama babak 16 besar Copa del Rey. (ant)

GREGORIO MANZANO

DIEGO SIMEONE

PASCA PEMECATAN PELATIH ATLETICO MADRID

Simeone Gantikan Manzano

MADRID, HALUAN — Atletico Madrid menunjuk mantan pemain tengah Argentina Diego Simeone sebagai pelatih baru mereka pada Jumat, sehari setelah memecat Gregorio Manzano menyusul serangkaian pertandingan mereka yang berakhir dengan menyedihkan. Simeone (41) yang juga mantan pemain Atletico, menurut rencana akan berada di Madrid Senin mendatang dan akan diperkenalkan secara resmi sebagai pelatih klub Spanyol itu di Stadion Vicente Calderon pada Selasa. "Atletico Madrid telah mengontrak Diego Simeone sebagai pelatih baru tim pertama mereka" untuk sisa musim ini dan satu musim mendatang, demikian pernyataan Atletico, Jumat. "Simeone adalah seorang ahli dari tim merah-dan-putih," tambah pernyataan itu, dengan menyebutkan pula dua masa tugasnya sebagai seorang pemain di klub itu pada tahun 1994-1997 serta 2003-2005. "Dia membentuk bagian dari susunan pemain yang menjadi tim pemenang dengan meraih gelar juara ganda di liga dan piala Spanyol pada musim 1995-1996." Simeone memperkuat timnas Argentina dalam Piala Dunia 1994, 1998 dan 2002 -- dengan memperoleh ketenaran karena kelakuan buruknya pada Piala Dunia 1998 ketika dia berpura-pura cedera setelah mendapat tendangan balasan dari David Beckham, yang menyebabkan pemain tengah Inggris itu dikeluarkan dari lapangan akibat ulahnya tersebut. Dia pensiun sebagai pemain pada 2006 setelah bermain satu musim dengan Racing Avellaneda, satu dari beberapa tim Argentina, dia kemudian melanjutkan karirnya sebagai

pelatih. Atletico memecat Manzano Kamis setelah klub itu berkali-kali dirundung kekalahan dan puncaknya saat tersingkir dari ajang Piala Raja. Manzano meminta maaf kepada para pendukung mereka setelah Atletico kalah 0-1 di kandangnya dari klub divisi dua Spanyol Albacete pada Rabu, dengan menggambarkan kekalahan tersebut sebagai suatu "kegagalan yang sebenarnya". Atletico berada di posisi ke-10 pada klasemen sementara Liga Utama Spanyol (La Liga) dengan hanya mengantungi 19 poin dari 16 pertandingan dan berselisih 21 poin dari klub tetangga mereka, Real. Sementara, manajemen Villarreal belum memastikan pengganti Juan Carlos Garrido. Hanya saja, sejumlah nama calon pelatih pengganti Garrido mulai beredar, salah satunya mantan pelatih Lyon Claude Puel Garrido dipecat menyusul hasil-hasil buruk yang dicapai The Yellow Submarines, termasuk gagal di Liga Champions dan Copa Del Rey. Menurut laporan Insidefutbol, Puel berminat untuk kembali melatih klub setelah hampir satu tahun tak berkecimpung di dunia kepelatihan. Ia baru saja menolak tawaran klub Belgia, Club Brugge. Perwakilan Villarreal dan Puel dikabarkan telah bertemu untuk melakukan negosiasi awal, sementara Puel diyakini akan menerima tawaran melatih Villarreal, salah satu tim besar La Liga yang punya pengalaman bermain di Liga Champions . Villarreal saat ini berada di peringkat 17 La Liga dan memiliki tugas berat pada paruh kedua musim usai libur Natal dan Tahun Baru.(h/mat/net/ant)

6 OLAHRAGA

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

Aji Gantikan RD? JAKARTA, HALUAN — Sudah ada isyarat siapa yang akan menggantikan Rahmad Darmawan sebagai pelatih timnas Indonesia U-23. Adalah Aji Santoso yang akan segera mengemban tugas tersebut mulai bulan Januari. Isyarat itu diungkapkan Koordinator Timnas PSSI, Bob Hippy "Aji menjadi pelatih berikutnya, menggantikan Rahmad sebagai pelatih di Timnas U-23. Dia akan mulai jalankan tugas Januari nanti," terang Bob. Dikatakan Bob, salah satu alasan penunjukan Aji adalah ia dinilai memiliki pengalaman yang cukup banyak, termasuk menjadii asisten Rahmad di SEA GAMES XXVI. "Biasanya prosesnya berurutan, karena dia kemarin mendampingi RD, ya sekarang giliran dia. Istilahnya, junior menjadi senior," tambah Bob. Meski demikian, penunjukan ini belum final karena masih memerlukan legalitas dari Komite Eksekutif. "Sekitar tanggal 3 Januari setelah Tahun Baru, kita akan bahas dalam rapat Komite Eksekutif, untuk sekalian membahas program ke depannya," tandasnya. (net)

Turnamen Simra Cup Masuki Fase Semifinal TANJUNG, PATI, HALUAN — Kesebelasan Simra, Tanjung Pati, Kabupaten Lima Puluh Kota ditantang kesebelasan PKS Kecamatan Payakumbuh di babak semifinal untuk merebut tiket ke Final Turnamen Simra Cup yang digelar sejak Kamis (22/12) lalu di lapangan Simpang Empat Tanjung Pati, Kecamatan Harau. Tuan rumah Simra memastikan langkah ke fase empat besar setelah menjinakkan perlawanan PS Peru Parumpung, Kecamatan Payakumbuh dengan skor tipis, 1-0. Sementara, tim asal Kecamatan Payakumbuh lainnya, PKS, menghancurkan harapan tim tangguh PS Lasser Lareh Sago Halaban 3-0, pada pertandingan yang berlangsung Sabtu (23/12). Kemenangan tim asuhan Hendri Jasmar ini sekaligus menghancurkan harapan PS Lasser yang tampil sebagai juara Simalanggang Cup III dan Rajawali Cup I untuk menambah koleksi juaranya. Di bawah kepemimpinan wasit asal PSSI Lima Puluh Kota, Ronal Agusmar, PKS meraih kemenangan meyakinkan dari gol yang dilesakkan oleh Metta, Aska dan Jamal di hadapan ratusan pasang mata yang menonton pertandingan itu. Pertandingan semifinal lain akan dilangsungkan antara tim Andrau Denny Sport Padang Rantang dengan pemenang antara tim Pol PP Kabupaten Lima Puluh Kota dengan PS Putra Buana Sawah, Payakumbuh Selatan Satpol PP Kota Payakumbuh. Andrau Denny Sport Padang Rantang yang diperkuat mantan pemain nasional Gusnedi Adang maju ke semifinal setelah mencukur tim Sapol PP Kota Payakumbuh dengan skor telak, 6-0. Ketua panitia pelaksana turnamen, Roma Zico menyebutkan partai semifinal kedua akan dilangsungkan Selasa (27/2) besok antara tim Andrau dengan pemenang pertandingan Pol PP Kabupaten Limapuluh Kota dan PS Putra Buana Sawah. Sementara final yang juga akan dilangsungkan di lapangan Simra, Simpang Empat Tanjung Pati, Sarilamak digelar Jumat, (30/12). (h/snt )

BATAL—Harapan publik Sepakbola Indonesia untuk menyaksikan kebolehan olah bola pemain PSV Eindhoven, termasuk Georginio Wijnaldum & Jeremain Lens urung terpenuhi. Klub raksasa negeri kincir angin ini menganggap PSSI tak menampilkan pemain top-nya seiring dualisme kompetisi di Indonesia.

PSSI DIANGGAP MENYIAPKAN PEMAIN TAK JELAS

PSV Eindhoven Batal ke Jakarta

PADANG, HALUAN — Sikap egois PSSI yang menolak memakai pemain top Indonesia yang berlaga di Indonesia Super Liga (ISL) saat akan menguji ketangguhan Klub Eropa, PSV Eindhoven berbuah buruk. Tim asal Belanda itu menolak beruji tanding dengan Indonesia karena PSSI dianggap menyiapkan tim yang tak jelas. Sebelumnya, PSV akan melangsungkan pertandingan eksebisi dengan Indonesia Selection pada 9 Januari dan Jakarta Selection

pada 12 Januari. Sepekan setelah laga terakhir, PSV akan berlaga melawan FC Utrecht di Eredivisie. Karena PSV bakal menurunkan tim utama, mereka juga mengharapkan PSSI juga menyeleksi pemain terbaik untuk bermain dalam Indonesia Selection.

Demikian juga dengan Jakarta Selection. Namun, Saujana Media, selaku promotor, menyampaikan melalui surat elektronik bahwa PSV akhirnya batal datang. Ada beberapa alasan yang melandasinya. Tetapi, yang bisa digarisbawahi adalah soal ketidakjelasan siapa pemain top yang akan bermain untuk Indonesia Selection dan Jakarta Selection, menyusul krisis di tubuh PSSI belakangan ini. "Saujana Media dengan sangat menyesal menyampaikan bahwa setelah berbicara dengan beberapa pihak terkait, telah memutuskan

untuk menunda Jakarta Challenge untuk batas waktu yang tak ditentukan," demikian rilis mereka kepada detiksport "Krisis yang tengah membayangi federasi sepakbola seluruh Indonesia (PSSI) dan ketidakbisaan menghadirkan pemainpemain top lokal membuat kami tak punya tim kredibel Indonesia lainnya untuk bermain di dalam kompetisi itu." "Hal ini sangat disesalkan karena sementara kami menjanjikan pemain-pemain terbaik, seperti yang tertulis di kontrak, PSSI gagal melakukan hal yang sama."

Lebih jauh lagi, Saujana juga mengatakan bahwa masalah finansial juga menjadi salah satu faktor. Mereka ragu jika tiket yang dijual untuk pertandingan Jakarta Challenge bisa menutupi pengeluaran mereka untuk mendatangkan PSV. "Menyelenggarakan turnamen saat ini akan menjadi risiko besar bagi kami secara finansial dan kami ingin membatasi kerugian kami untuk saat ini." Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, belum ada sikap PSSI terkait pembatalan itu, termasuk alas an.(net)

PS Lorena Padang Menangkan Zulhendri Cup I SIJUNJUNG, HALUAN—Pertarungan babak final antara PS Lorena Padang dengan PS Guguak Cino (Guci) Batusangkar, di Lapangan Sepakbola Amos Palangki, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Sijunjung, Jumat (23/ 12) sore, berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk PS Lorena Padang. Buah dari kemenangannya, PS Lorena Padang berhak atas trophy bergilir Zulhendri Hasan, trophy tetap, sekaligus hadiah uang tunai Rp10 juta. Trophy diserahkan secara simbolis oleh Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sijunjung, Asrizen Rajo Pahlawan. PS Guci Batusangkar yang tampil sebagai runner up, di samping trophy, juga berhak atas hadiah uang tunai Rp8 juta. Trophy secara simbolis diserahkan oleh Camat Ampek Nagari, Roni Sudirman, SSTP.

Sedangkan predikat Top Score, jatuh kepada Riki, pemain PS Lorena Padang nomor punggung 10. Mahasiswa tahun pertama UNP ini memperoleh trophy sekaligus hadiah uang tunai Rp1 juta atas keberhasilannya mencetak lima gol selama pertandingan. Trophy secara simbolis diserahkan oleh Wali Nagari Palangki, Sudirman Dt. Rangkayo Mulie. Zulhendri Hasan yang sekaligus menutup secara resmi Turnamen Sepakbola Zulhendri Hasan Cup I, berpesan, kemenangan yang diraih hendaknya tidak menjadikan kesebelasan pemenang sombong. “Tingkatkan kualitas permainan, pertahankan kekompakan tim dan terus berupaya melahirkan pemain handal lagi sportif!” himbau aktivitis pemuda tingkat nasional yang dalam profesinya sebagai

pengacara dikenal lantang juga pemberani tersebut. Melihat begitu tingginya antusiasme masyarakat setempat menyaksikan pertandingan demi pertandingan hingga babak final, Zulhendri Hasan tak kalah bersemangat. Ia menyatakan siap menyelenggarakan Zulhendri Hasan Cup II pada Agustus 2012 mendatang. “ Mulai 2013, Insya Allah Zulhendri Hasan Cup akan menjadi agenda rutin pada setiap bulan Juni hingga Juli setiap tahunnya,” ujar pengacara keluarga Mbah Priok tersebut. Manager PS Lorena Padang, Nofrizal, mengaku cukup puas dan bangga atas keberhasilan timnya duduk di posisi puncak. “Kami bertekad terus meningkatkan kualitas permainan,” tekadnya. Sementara, Martin, libero PS Lorena Padang, mengakui bahwa PS Guci Batusangkar merupakan

DARLINOP

ZULHENDRI Hasan (paling kiri) menyempatkan diri foto bersama tim wasit dan dua kesebelasan yang hendak berlaga di babak Final Turnamen Sepakbola Zulhendri Hasan Cup I. berdampak pada ruang gerak pemain adalah kondisi lapangan yang masih becek karena musim penghujan. (h/nop)

lawan yang cukup tangguh. Secara umum, tidak ada persoalan berarti dalam pertandingan babak final sore itu. Satu hal yang sedikit

Sriwijaya Tertarik Rekrut Noh dan Ridhuan PALEMBANG, HALUAN — Manajemen Sriwijaya Football Club PT Sriwijaya Optimis Mandiri tertarik merekrut Noh Alamsyah dan M Ridhuan, karena untuk mengisi kuota satu pemain asing Asia yang masih tersisa. Direktur Teknik PT Sriwijaya Optimis Mandiri Hendri Zainuddin mengatakan di Palembang, Minggu, nama dua pemain itu masuk dalam bursa, setelah mendapatkan informasi dari salah seorang

pengurus Arema Indonesia yang berlaga di Liga Prima Indonesia. "Katanya ada empat pemain yang dipecat, dan di antaranya Noh Alamsyah dan M Ridhuan. Jika memang benar, maka Sriwijaya FC akan memburunya," ujar dia. Dia menerangkan, Sriwijaya FC yang memutuskan berlaga pada kompetisi Liga Super Indonesia diberikan kesempatan menggunakan tiga pemain asing non Asia, dan dua

pemain asing Asia. "Sejauh ini, Sriwijaya FC masih mencari satu striker asing Asia. Sementara untuk posisi lainnya sudah terpenuhi," kata dia. Menurut dia, jika Noh dan Ridhuan memberikan lampu hijau untuk bergabung, maka manajemen SFC akan menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih Kas Hartadi untuk memilih di antara keduanya. "Sebenarnya, siapapun tidak

masalah, karena memang secara kualitas keduanya tidak diragukan lagi. Bisa dikatakan tidak usah diseleksi lagi. Tapi, kami selaku manajemen menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih," ujar dia. Dia menerangkan, manajemen SFC juga tidak akan kesulitan memasukkan nama pemain baru yang bakal dipilih pelatih, karena telah mendaftarkan ke PT Liga Indonesia, Jumat (23/12).

"Meskipun belum ada kepastian mengenai Noh dan Ridhuan, tapi kami sudah mendaftarkan ke PT Liga Indonesia agar mudah secara administrasi, mengingat kemarin merupakan batas waktu pendaftaran pemain asing tambahan," kata dia. Dia menambahkan, pihaknya mengambil langkah "aman" yakni mendaftarkan semua pemain yang diminati, agar tidak terganjal masalah administrasi nantinya.

*Program selama

"Jadi, nama pemain bakal dipilih sudah ada di PT Liga Indonesia, sementara pemain yang batal tinggal dicoret saja," kata dia. Dia menyebutkan, lima pemain itu berposisi penyerang, Kim Ji Sung (Korea Selatan), Scott Balderson (Australia), Ken Pujita (Jepang), Noh Alamsyah (Singapura), dan M Ridwan (Singapura). Sementara, pelatih Kas Hartadi menyatakan sangat tertarik pada Noh dan M

8

Dp.

Bulan Desember

nggak sempat baca

Ridhuan. "Sebelumnya Noh dan Ridhuan sempat datang ke Palembang, tapi karena gagal dalam negosiasi jadi kembali lagi ke Arema. Jika keduanya benar-benar akan bergabung, saya pun akan melakukan pendalaman untuk memilih siapa," ujar dia. Dia mengaku, masih membutuhkan satu pemain berposisi striker atau second striker, untuk menopang Kayamba dan Hilton Moreira.(ant)

jt-an

klik kami di www.harianhaluan.com

IGD 24 jam

kepercayaan keluarga kebanggaan Indonesia PT. ELANG PERKASA MOTOR : Jl. Khatib Sulaiman No.87 Padang Telp. (0751) 7051422, 7051423 Kantor Cabang : = PAYAKUMBUH : Jl. St. Usman No.14, Kampung Cina Telp. (0752) 91795 = DHARMASRAYA : Jl. Lintas Sumatera Koto Baru KM.218 Dharmasraya Telp. (0754) 71245

* syarat & ketentuan berlaku HARI MINGGU / LIBUR SHOWROOM TETAP BUKA

OLAHRAGA 7

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

INDIA OPEN GRAND PRIX GOLD 2011

Tiga Wakil Indonesia ke Final

INDIA, HALUAN — Taufik Hidayat, Andrei Adistia/ Christopher Rusdianto dan Muhammad Rijal/Debby Susanto menjadi harapan Indonesia untuk meraih gelar juara pada ajang India Open Grand Prix Gold 2011 yang berlangsung di Babu Banarasi Das Indoor Stadium, Lucknow, India. Diunggulkan pada posisi kedua, Taufik semakin memperbesar peluang meraih gelar juara di akhir tahun ini. Pada partai final hari ini, Taufik akan menghadapi pebulutangkis tuan rumah India, Sourabh Varma setelah pada babak semifinal menaklukkan pebulutangkis Hong Kong unggulan lima, Wong Wing Ki dalam pertarungan tiga game 21-16, 15-21, 21-18. Sedangkan Sourabh menekuk pebulutangkis Thailand, Suppanyu Avihingsanon dua game langsung 26-24, 21-13. Pasangan ganda putra Indonesia, Andrei Adistia/ Christopher Rusdianto sukses menapak babak final dan berpeluang mengulang sukses seperti yang mereka raih pada Bahrain International Challenge 2011 bulan November lalu. Langkah Andrei/ Christopher ke final dengan menekuk ganda Jerman unggulan dua, Ingo Kindervater/ Johannes Schoettler dua game langsung 21-15, 21-14. Sebelumnya di babak kedua, Andrei/Christopher menekuk unggulan tiga dari Belanda, Ruud Bosch/ Koen Ridder 22-20, 21-14. Kini di partai final Andrei/ Christopher kembali bertemu lawan tangguh yang merupakan unggulan satu pasangan, Naoki Kawamae/ Shoji Sato dari Jepang yang meraih kemengan atas ganda Malaysia unggulan delapan, Yao Han Ow/ Wee Kiong Tan 21-14, 21-16. Indonesia gagal menciptakan All Indonesian Final pada turnamen berhadiah total USD 120.000 pada nomor ganda campuran setelah pasangan Fran Kurniawan/ Shendy Puspa Irawati terhenti langkahnya, sementara pasangan Muhammad Rijal/ Debby Susanto melaju ke final. Fran/Shendy gagal melewati unggulan satu dari Thailand, Sudket Prapakamol/ Saralee Thoungthongkam setelah bertarung tiga game 8-21, 21-13, 16-21. Rijal/ Debby sukses ke babak final dengan mengkandaskan ganda tuan rumah India unggulan empat, Diju V./ Jwala Gutta dua game langsung 21-15, 21-12. Pebulutangkis putri Thailand, Inthanon Ratchanok dipastikan meraih gelar juara tunggal putri tanpa harus bertanding setelah temannya dari Thailand, Porntip Buranaprasertsuk mengundurkan diri usai pertarungan babak semifinal. Inthanon yang menjadi unggulan satu melangkah ke final dengan menekuk pebulutangkis Hong Kong, Tsz Ka Chan dua game langsung 21-16, 21-15. Sedangkan Porntip meraih kemenangan atas unggulan empat dari Jepang, Eriko Hirose 22-20, 21-15. (net)

TUNGGU BONUS—Menko Kesra Agung Laksono tengah menyerahkan bonus kepada atlet peraih medali emas sebesar Rp200 juta. Hanya saja di tingkat daerah, masih ada yang belum memberikan hal serupa, seperti Jawa Tengah, termasuk Sumbar.

PEMDA BELUM PEDULI

Atlet SEA Games Tunggu Bonus

SEMARANG, HALUAN—Peraih dua medali emas SEA Games XXVI, Agus Prayogo, menunggu bonus dari Jawa Tengah, "Sampai kini belum ada tanda-tanda akan cair, padahal daerah lain sudah memberikan bonus kepada atletnya yang meraih medali pada SEA Games beberapa waktu lalu," kata Agus Prayogo ketika dihubungi dari Semarang, Minggu. "Terus terang saya tidak mempersoalkan jumlahnya, saya dan rekan atlet lain yang meraih medali tentunya juga menunggu karena pada SEA Games-SEA Games sebelumnya selalu dapat," katanya. Agus Prayogo berhasil

Spartacks dan The Kmers Berdamai

emas, 19 perak, dan 16 perunggu. Sebelumnya Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Sudiro Atmoprawiro mengatakan, soal bonus bagi atlet peraih medali pada SEA Games 2011 sudah dipikirkan oleh induk organisasi olahraga di Jateng tersebut. Menurut dia, seperti pada event-event serupa sebelumnya, menjadi tanggung jawab bagi KONI Jateng untuk memberikan tali asih. Hal yang sama juga dialami atlet asal Sumbar. Belum ada kejelasan dari pihak terkait terkait tali asih bagi atlet Sumbar yang memperoleh medali. (ant)

HUJAN, TRIATHLON TETAP DIGEBER

Atlet Bandung Tampil Sebagai Pemenang

PAYAKUMBUH, HALUAN— Taufik, atlet muda Triathlon nasional asal kota kembang, Bandung itu menjadi juara pertama, Triathlon Payakumbuh 2011 yang digeber Mandiri Promosindo, Minggu (25/12) kemarin. Lomba yang memadukan renang, lari dan sepeda ini menarik perhatian publik Payakumbuh meski hujan mengiringi, cukup lebat. Meski yang hadir dalam daftar panjang undangan pejabat kota, hanya Ketua KONI Payakumbuh Yunir Yalri saja, namun,

semangat berlomba 32 atlet itu tidak memudar. KaSubDenPOM Payakumbuh Kapten Tri terlihat ikut bersemangat. Bendera start dikibar Yunir Yalri pukul 8.30 WIB. Serentak 32 orang atlet Triathlon itu menceburkan diri ke kolam renang setelah berlari mengelilingi kolam renang Ngalau Indah. Selepas itu, para atlet pun bergegas mengenakan pakaian untuk berlari sepanjang Soekarno Hatta, kira-kira 5 km jaraknya. Mereka sampai di eks Kantor Bupati Limapuluh Kota di

Payakumbuh. Sepeda pun telah siap. Mereka langsung gowes. Ada yang tertinggal jauh di belakang. Di depan, Taufik muncul mencuat. Sepeda pun dikayuh memutar balik ke arah bypass. Lalu kembali berputar ke arah Simpang Benteng. Sampai di Kubu Gadang ini beberapa atlet kewalahan sebab jalur tidak disterilkan. Sehingga, ada kendaraan roda dua dan roda empat yang masih melewati jalur tersebut. Meski begitu, tak ada kecelakaan. Untungnya.Taufik yang

melewati para peserta lain di depan, melaju ke arah Labuah Silang – Limbukan serta sukses finish di Ngalau Indah. Taufik dinanti oleh Dicky Pribadi dan Indra serta Fitri dari Mandiri Promosindo, EO event yang dilangsungkan satu-satunya dari pihak non pemerintah di HUT Kota Payakumbuh ke-41 kali ini. Hadiah berupa Tabanas, medali, tropi serta bingkisan dari Eagle pun dikantongi para pemenang. Mereka adalah Taufik (Bandung) yang berada di posisi teratas. Diikuti; Erio (Pa-

Ratusan Karateka Ikuti Kejuaraan Bupati Cup I SOLOK, HALUAN—Sebanyak 200 atlet Karate dari Ka bupaten Solok dan Kota Solok unjuk kebolehan pada ajang Kejurda Forki Bupati Cup I di Gedung Solok Nan Indah Koto Baru, Sabtu dan Minggu (23-24/12). Kedua ratus atlet bela diri tangan kosong itu 150 orang diantaranya berasal dari 5 Dojo yang tersebar diwilayah Kabupaten Solok dan 50 orang lainya berasal dari Dojo yang ada di Kota Solok. Ketua Pengcab Forki Kabupaten Solok Simpai Efriadi ( Dan III ) didampingi Ketua

Dibutuhkan Segera

DIVA IKHLAS ur Service To er rganiz

O

&

BERYL COPY CENTRE Grosir & Retail Sales, Service, Spare Part & Rental Mesin dari USA Menyediakan Mesin Foto Copy Bermacam Tipe : CANON NP 6050 CANON IR 5000 CANON IR 6000 CANON IR 5020 CANON IR 6020 CANON IR 8500 CANON IR 6570 CANON IR 2200 CANON IR 3300 CANON IR 8500 = Rp.

28 juta BERYL COPY CENTRE

Hubungi : Jl. Veteran No. 50 Padang Telp. (0751) 32666 Jl. Nangka No. 40 Pekanbaru Telp. (0761) 61360 Jl. Sutan Agung No.07 Jambi Telp. (0741) 32495

Paket Tour Suka Suka Tour Negeri Jiran untuk Group Malaysia-Singapore-Thailand 3 hari 2 malam Rp 2.7 Jt ( Malaysia atau Singapore ) 4 hari 3 malam Rp 3.1 Jt ( Malaysia dan Singapore ) 5 hari 4 malam Rp 3.5 Jt ( 2 negara ) 6 hari 4 malam Rp 3.9 Jt ( 3 negara ) ( Harga minimal group 25 orang low season ) Tour terencana 2012 Off 6-8% * booking 6 bln sebelumnya

Tour Negeri Jiran untuk Keluarga 3 hari 2 malam 4 hari 3 malam

Da

lam & L

r Neger i

Bagi yang memenuhi persyaratan diatas, kirimkan lamaran CV, Pasphoto 4x6 terbaru Anda ke :

umur 7 tahun hingga 23 tahun dan atlet senior. Mereka, ujar Efriadi yang juga adalah Kepala Satpol PP Kabupaten Solok itu mengemukakan, akan bertanding di Kata perorangan dan beregu putra putri dan Kumite perorangan. Di antaranya di Kumite yunior dan senior mulai kelas 55 Kg hingga +86 Kg. Lalu kadet mulai -45 Kg hingga +65 Kg. " Juara umum di ivent Kejurda Forki Bupati Cup I tersebut akan memboyong tropi bergilir Bupati Solok dan tropi lepas serta hadiah uang pembinaan " tutur Efriadi. (h/ris)

IKHLAS

ua

1. FOTOGRAFER Syarat - syarat : a. Pria minimal D III Diutamakan berlatar belakang jurusan fotografi b. Jago motret dengan baik dan benar (secara teknik dan ide) terutama potraitur, human interest serta contoh karya foto (terlampir) c. Umur Maksimum 35 tahun d. Pengalaman di bidang fotografi minimal satu tahun e. Punya Kendaraan sendiri f. Komunikatif dan memiliki kepribadian yang baik g. Bersedia bekerja berdasarkan target dan mampu bekerja dalam tekanan h. Disiplin, rajin, dan mampu bekerjasama dengan tim

Panitia Pelaksana Syafrizal Ayang ( Dan II ) kepada Haluan di Koto Baru Jumat (22/12) mengatakan, ivent itu digelar dalam rangka menjaring atlet karate yang akan dipersiapkan tampil pada Porprov XII di 50 Kota. Diharapkan kata Simpai Efriadi kelak akan tampil atletatlet berprestasi yang siap terjun membawa nama baik Kabupaten Solok khususnya diajang Porprov XII mendatang di 50 Kota itu. Karateka yang tampil di Kejurda Forki Bupati Cup I tersebut kata Simpai Efriadi, terdiri dari para atlet usia dini

yakumbuh), Eka (Payakumbuh), Lugen (Padang), Yusrizal (Agam), dan Andiko (Limapuluh Kota). Dicky Pribadi mengatakan Lomba Triathlon yang sukses digelar ini menjadi persembahan masyarakat untuk Kota Payakumbuh yang tengah berulang tahun. ”Semoga ke depan, event ini menjadi trade-mark Kota. Dukungan dan perhatian pemerintah, kami minta agar diporsikan lebih bagi penyelenggaraan event dari publik,” tukas Dicky Pribadi.(dod)

Pengurusan Penempatan Pra-kirim Suite Dalam & Luar Negeri

Penginapan Transit Even Organizer Seminar & Diklat

Rp 2.9 Jt ( Malaysia atau Singapore ) Rp 3.5 Jt ( Malaysia dan Singapore )

( Harga minimal keluarga 4 orang low season, booking 1 bln sebelumnya )

Jadwal Berangkat Tour Keluarga atau group : 1. Nyepi Tour 3h2m & 4h3m 2. Isa Tour 3h2m & 4h3m 3. Isa Tour 3h2m & 4h3m

tgl 22 Maret 2012 tgl 5 April 2012 tgl 17 Mei 2012

Tour Domestik* Sumbar,Medan,Pekanbaru,Jakarta,Bandung,Jogja,Bali dll.

HRD Harian Umum Haluan Padang Komplek Bandara Tabing Jl. Hamka Padang

* Hub Kantor Marketing :

Diva Ikhlas Building, Minangkabau International Airport 09 Bt. Anai Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat Indonesia 22255 Phone +62751819137 - Facmile +62751819146 Mobile +6281363774678 - email : darmawi_marwan@yahoo.co.id

Kami adalah travel yang bekerja secara profesional & sangat berpengalaman

PADANG HALUAN—Jurus jitu Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang dengan melayangkan surat bernada “ancaman” kepada dua pendukung Semen Padang FC, Spartacks dan The Kmers berbuah damai. Dua kubu pendukung Semen Padang itu sebelumnya kerap terlibat bentrok dan dianggap mengganggu ketertiban umum, sehingga Dispora mengeluarkan ultimatum agar keduanya mengosongkan posko di bawah tribun Selatan dan Utara. Mantan Kadispora Padang Drs. H. Firdaus Ilyas, MM merasa senang dan gembira dengan lahirnya kesepakatan damai antara kedua suporter di hadapan perwakilan Dispora Kota Padang yang diwakili Kabid Sarana Adib Al Fikri dan Kepala UPTD GOR H Agus Salim, Noviardi. Sebelumnya, Dispora Kota Padang “mengusir” dua pendukung Semen Padang ini, melalui surat UPTD GOR H. Agus Salim melalui Dispora Kota Padang bernomor 1088/Dispora-UPTD.GOR/XII-2011 kepada Spartacks dan The Kmers. Firdaus mengaku senang dan gembira dengan lahirnya keputusan damai antara duo suporter, Spartacks dan The Kmers dengan pihak Dispora Kota Padang dalam kesepakatan damai yang berlangsung Jumat, (23/12) di Kolam renang, Komplek GOR H Agus Salim. Pertemuan itu dihadiri pihak Spartacks, Anton Rizal dan Yudha, pihak The Kmers Ikhsan dan Teddy Arlan, serta pihak Dispora Padang diwakili Kabid Sarana Adib Al Fikri serta Kepala UPTD GOR Agussalim, Noviardi dan sejumlah wartawan ini, menghasilkan beberapa keputusan Keputusan penting yang dihasilkan ,yakni "tidak berbuat" kericuhan lagi, dan kedua kelompok suporter Semen Padang FC tersebut diberi tenggat 7 hari untuk berbenah diri dan melakukan tindakan seperti memberi sanksi kepada anggota yang berbuat anarkis. “Semua kesepakatan itu kami buat dengan semangat perbaikan dan itu dibubuhkan dengan selembar materai,” timpal Sekretaris The Kmers, Tedi Arlan. Kesepakatan ini, harap Firdaus yang kini telah menjabat Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang ini kedua suporter pendukung Semen Padang FC untuk bisa saling menjaga, menghormati dan bersikap sportif. Dirut PT KSSP Erizal Anwar yang dihubungi terpisah berharap kesepakatan damai ini dapat bertahan lama dan tidak sekedar seremonial. “Kami menyambut baik lahirnya kesepakatan ini,”kata Erizal. (h/mat)

dirinya konsentrasi membela Jateng pada PON XVIII/2012 Riau. "Saya tetap menargetkan meraih minimal dua medali emas dari nomor spesialisasi saya, yaitu lari 5.000 dan 10 ribu meter," katanya. Menurut dia, selama membela Jateng pada PON, dirinya belum bisa meraih medali emas dan terakhir pada PON XVII/2008 Kalimantan Timur hanya meraih perak karena kalah dari pelari Sumatera Selatan, Jauhari Johan. Atlet Jawa Tengah yang tampil membela Indonesia pada SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang sebanyak 80 atlet dan mereka mampu meraih 31 medali

ket Tour Pa

Agus Prayogo tidak mempermasalahkan jumlahnya, tetapi tali asih ini sebagai bentuk perhatian Jawa Tengah kepada atletnya yang telah berjuang membela bangsa dan negara di kancah olahraga internasional.

meraih dua medali emas pada SEA Games XXVI/2011 dari nomor lari 5.000 meter dengan catatan waktu 14 menit 10,1 detik dan 10 ribu meter dengan catatan waktu 30 menit 10,25 detik. Meskipun berhasil meraih medali emas, Agus Prayogo gagal memecahkan rekor untuk nomor lari 5.000 meter atas nama Rahmad Chandra (Malaysia) dengan catatan waktu 14:04 menit. Bahkan untuk nomor lari 10 ribu meter, Agus gagal mengulang catatan waktu saat meraih medali emas pada SEA Games 2009 Laos, yaitu 29,50 menit. Ia mengatakan, saat ini

PT. Anugrah Citra Ilahi - Jl. Vetran Padang No. 98 Padang Telp. 0751 28135, Fax. 0751 24152, email: anugrahtours2000@yahoo.com

Biro Perjalanan Wisata anugrah Tours

0819 9349 0092 0852 7459 4374 0852 7478 1824

8 SIGAB TIPS SIGAB Antisipasi Banjir dengan Biopori NEGERI ini semakin sering dilanda banjir yang semakin hebat dari tahun ke tahun. Ancaman banjir kian sulit diprediksi di samping ancaman bencana alam lainnya. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan banjir kiriman karena kawasan hutan penyangga banyak beralih fungsi untuk penetingan industry dan lainnya. Kini semuanya telah berubah, lahan-lahan yang semula menjadi penampungan air, kini banyak diuruk menjadi perumahan elite. Alhasil, air tidak terserap, tetapi meluber dan menggenangi pemukiman penduduk. Ancaman banjir kian sulit diprediksi. Kini setiap orang dituntut untuk berperan serta dalam program pelestarian lingkungan dalam mengatasi banjir. Setiap orang perlu memiliki kesadaran untuk menjaga sistem drainase di sekitar pemukimannya. Gaya hidup ramah lingkungan akan memberi manfaat untuk ketersediaan air. Sehingga, orang mempunyai akses langsung kepada air bagi kehidupan. Di Indonesia, kesadaran terhadap pentingnya drainase terbilang kurang, karena banyak yang menganggap negara kita kaya akan water resource. Padahal, kontribusi sekecil apapun akan sangat berpengaruh Salah satu solusi alternatif meminimalkan dampak banjir yang bisa dilakukan adalah dengan teknologi lubang serapan Biopori atau mulsa vertikal. Dampaknya luar biasa untuk menyelamatkan lingkungan khususnya menjaga ketersediaan air tanah dan meminimalkan dampak banjir. Efeknya cukup banyak, terlebih masyarakat telah merasakan manfaatnya. Seperti, berkurangnya genangan air di wilayah atau rumah mereka. Meminimalisir sampah organik yang terbuang atau keluar dari rumah, ketiga, jangka panjangnya adalah meresapnya air ke tanah sebagai cadangan air tanah Efek lainnya mungkin hilangnya berbagai penyebab penyakit, akibat berkurangnya genangan. Efek luasnya turut berpartisipasi dan antisipasi pada pemanasan global Teknologi ini pada prinsipnya menahan air hujan untuk tidak langsung mengalir ke daerah yang lebih rendah, tetapi membiarkannya terserap ke dalam tanah melalui lubang resapan tersebut. Dinamakan teknologi biopori, karena mengandalkan jasa hewan-hewan tanah seperti cacing dan rayap untuk membentuk pori-pori alami dalam tanah, dengan bantuan sampah organik, sehingga air bisa terserap, sehingga memperbaiki struktur tanah. Ini bisa mengantisipasi banjir dan berperan dalam siklus air tanah di lingkungan. Membuat lubang resapan biopori di sekitar rumah dapat membuat tanaman di0sekitarnya menjadi lebih subur dan tidak mudah mati. Manfaat yang didapatkan jika mengaplikasikan hal tersebut, yakni mempunyai ketersediaan air tanah yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu, lubang tersebut dapat mencegah banjir karena meningkatkan daya resapan air. Fungsi lainnya adalah mengubah sampah organik menjadi kompos dan memanfaatkan fauna tanah dan akar tanaman. (h/Ahmad Parmonangan)

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

PARAHNYA IBUKOTA

Udara Bersih Cuma 27 Hari Pertahun

JAKARTA, HALUAN — Warga Jakarta hanya menikmati udara bersih selama 27 hari dalam setahun, serta kualitas udaranya jauh lebih buruk dari Kota Semarang dan Bandung. Hal demikian dikatakan oleh Ketua Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPPB), Ahmad Safrudin, di Jakarta, Sabtu. “Karenanya, penurunan emisi kendaraan bermotor harus jadi prioritas utama,” katanya. Menurut dia, sejumlah aspek wajib dilakukan pemerintah dan pengusaha otomotif, yaitu peningkatan kualitas bahan bakar, teknologi rendah emisi, tata ruang yang bersinergi dan memperbaiki “traffic and transport management”. “Kemudian pengetatan standar emisi dan penegakan hukum yang konsisten,” katanya dalam acara Peluncuran Eco Riding tersebut. Syafruddin menjelaskan, peluncuran Eco Riding di Jakarta, merupakan program yang memadukan aspek aspek tersebut sehingga upaya pengendalian pencemaran udara dan perbaikan perilaku pengemudi dapat terlaksana. Pengamat transportasi, Darmaningtyas menjelaskan, perilaku pengendara sepeda motor di Jakarta yang buruk dan tidak memperhatikan

lingkungan, ikut menjadi faktor pendukung persolan ini. “Bahkan jika perilaku pengendara tidak segera diperbaiki, sistem Eco Riding mustahil diterapkan di kota macet seperti Jakarta. Industri roda dua harus mencari teknologi rendah emisi dan hemat bahan bakar,” katanya. Hal tersebut, kata dia, untuk memperbaiki perilaku pengendara yang menggunakan kendaraan tidak sesuai dengan prosedur dan menyebabkan pemborosan bahan bakar. Apalagi perilaku yang tidak mematuhi aturan dengan melintas di tempat yang bukan diperuntukan bagi motor. Ia menambahkan, kesalahan ini karena pemerintah hanya fokus pada sisi teknisnya saja, tidak pada sisi pendidikan publik. Seluruh dana APBN maupun APBD dianggarkan untuk infrastruktur tanpa menyisahkan bagi pendidikan publik seperti pemahaman aturan lalu lintas. “Kondisi ini semakin parah saat pihak penegak hukum tidak konsisten dalam menegakkan aturan,” katanya. (ant)

Merusak Lingkungan, Penambang Diusir

JAKARTA, HALUAN — Ratusan warga Jagang Lor, Desa Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (25/12), mengusir penambang liar yang menggunakan eskavator di

alur Sungai Krasak wilayah tersebut. Mereka mengusir penambang pasir liar tersebut dengan merusak dan membakar bedeng (bangunan gubuk) untuk aktivitas penambangan dan memblokir jalur penambangan dengan jalan membongkar talut jembatan. Aksi yang diwarnai adu mulut antara preman penambang dan warga tersebut juga menyita salah satu dari dua alat berat di pinggir Sungai Krasak. Sebanyak dua eskavator yang tidak berlogo Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO) tersebut rencananya akan dibawa ke Polsek Salam, namun karena salah satu mesinnya rusak maka warga hanya berhasil membawa satu alat berat ke Polsek salam yang berjarak satu kilometer. Koordinator aksi, Yono Punokawan, menyatakan aksi dilakukan warga karena warga sudah jengkel dan kehilangan akal, karena selain melibatkan perangkat desa setempat, proses penambangan liar itu juga terkesan dibiarkan oleh polisi dan Pemkab Magelang. (ant)

HARIDMAN KAMBANG

AMUK ABRASI — Abrasi pantai akibat gelombang besar, meruntuhkan sejumlah rumah warga di pantai Pasir Putih, Kambang , Pesisir Selatan, Sabtu (24/12).

Batang Sukam Meluap, Ratusan Kendaraan Terjebak

SIJUNJUNG, HALUAN — Batang Sukam meluap. Akibatnya, ruas jalan Muaro menuju Sijunjung di Tapian Lincia, Kampung Baru, Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung terpaksa dialihkan ke Kampung Baru dan Muaro Bodi karena badan jalan di genangi air setinggi satu meter. Puluhan ternak ikut terbawa arus. Tidak ada korban jiwa dalam persitiwa yang terjadi, Sabtu ((24/12) siang itu. “Ratusan kendaran terjebak dan berbalik arah mencari jalan alternatif. Tingginya curah hujan menjadi penyebab meluapnya Batang Sukam. Selain air bah, Sabtu kemarin beberapa ruas jalan juga terjadi longsor. Di Muaro Lingge, Kecamatan Tanjung Gadang, misalnya. Longsor sampai menggangu arus lalulintas di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) ini,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sijunjung, Syahrial, kemarin. Sedikitnya, lanjut Syahrial, ada empat titik longsor terjadi di kawasan Muaro Lingge. Kondisi jalan kembali berjalan normal setelah alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) iukt membantu membersihkan materail yang menutupi badan jalan. Macet panjang sempat terjadi sepanjang lima

kilometer saat alat berat membersihkan material jalan yang jatuh dari daerah perbukitan yang ada di sekitar kawasan tersebut. “Saat kita bersama Kepala Dinas PU Surya Effendi dan Ketua DPRD Mukhlis R turun ke lokasi bencana longsor, terjadi lagi air bah yang membuat arus jalan di Tapian Lincir pun tak bisa dilalui kendaraan. Longsor juga terjadi di beberapa titik lain, namun semua dapat diatasi dengan bantuan dari berbagai pihak. Satu rumah juga ikut terkena longsor, tapi tidak begitu parah,” kata mantan Camat Kupitan dan Lubuk Tarok ini. Terpisah, Kapolres Si-

junjung AKBP Sumarto melalui Kasubag Humas AKP Bagindo Zubirman mengakui adanya kemacetan akibat longsor yang terjadi secara tibatiba. Untuk membantu mengatasi kemacetan di ruas Jalinsum dan Tapian Lincia—tim gabungan dari Polres langsung turun ke lokasi. Arus lalulintas kembali berjalan normal senja hari sekitar pukul 19.00 Wib. Namun, kerugian belum terdata seluruhnya. “Tiga kendaraan roda dua tertimbun di salah satu rumah yang terkena longsor di Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang. Tidak ada korban jiwa. Kerugian di taksir mencapai ratusan juta rupiah,” pungkasnya. (nop)

DARLINOP BADAR

RATUASAN kendaraan yang terjebak macet akibat meluapnya Bayang Sukam di Tapian Lincai, Kampung Baru, Sijunjung.

RIAU DAN KEPRI 9

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

AKIBAT HUJAN LEBAT

LINGKAR

Tiga Rumah Ambruk Tertimpa Tembok

Musim Utara, Pulau Laut Terancam Krisis Sembako

TANJUNGPINANG, HALUAN — Akibat hujan yang mengguyur Kota Tanjungpinang selama beberapa hari belakangan mengakibatkan banjir dibeberapa tempat di Tanjungpinang, dan sedikitnya 3 rumah tertimpa

RANAI, HALUAN — Sejumlah warga di Kecamatan Pulau Laut mulai gelisah karena pasokan sembako di daerahnya sudah mulai menipis. Dari tiga desa di Kecamatan Pulau Laut, desa Air Payang yang kini kehabisan pasokan beras dan gula. Sementara dua desa seperti Desa Tanjung Pala dan desa Kadur belum ada mengalami krisis pasokan sembako. Seperti yang disampikan Malik (51) salah satu pemilik toko di Desa Air Payang mengatakan, di tokonya sekarang sudah tidak lagi menjual beras. Hal itu disebabkan pasokan beras dari agen di Sedanau Kecamatan Bunguran Barat belum sampai ke Pulau Laut karena cuaca sedang ekstrim. " kami sudah tidak ada lagi menjual beras, mungkin tiga hari kedepan baru ada pasokan beras dari agen" Ujarnya. Duna (37) pemilik toko di Desa Air Payang menyebutkan, kalau beberapa pasokan kebutuhan sembako di tokonya tinggal menunggu hitungan hari lagi. Jika dalam beberapa hari kedepan tidak ada barang masuk ke Pulau Laut, maka pasokan sembako di tokonya bakal putus. " kami masih menunggu trip kapal barang, mudah-mudahan dua tiga hari lagi sampai di Pulau Laut" Tuturnya. Sementara Sekcam Pulau Laut Sudirman, Mpd saat dihubungi membenarkan adanya beberapa kebutuhan sembako di Pulau Laut yang mulai kosong. Salah satu sembako yang dimaksud adalah beras dan gula pasir. " benar, beberapa pasokan sembako di daerah kami sedang kosong. Tetapi masyarakat masih bisa mendapatkan pasokan sembako sampai minggu depan" Ujar Sudirman saat dihubungi via ponsel, Minggu (25/12). Katanya, yang tidak ada pasokan beras dan gula terjadi di desa Air Payang, karena di desa tersebut tidak ada toko besar yang biasa memasok kebutuhan pokok dari luar kecamatan seperti Sedanau. " salah satu toko besar di Desa Tanjung Pala mengatakan, kalau pasokan beras dan gula serta kebutuhan sembako lainnya masih bisa di peroleh di tokonya. Dia mengatakan jika tidak ada halangan kapan cargo yang mengangkut barang sembakonya dari Sedanau akan tiba" Katanya. Ditambahkan Sudirman, bahwa masyarakat di Desa Air Payang masih bisa mendapatkan pasokan sembako di desa Tanjung Pala dengan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih tujuh kilometer. Karena di desa tersebut hanya ada satu toko besar yang masih menjual kebutuhan sembako dengan lengkap. " desa Air Payang adalah desa paling ujung, dan desa Kadur berada di antara desa Tanjung Pala dengan Desa Air Payang, sehingga masyarakat di desa Kadur masih bisa memperoleh pasokan sembako dengan baik" Imbuhnya. Masih kata Sudirman, bahwa krisis sembako di Kecamatan Pulau Laut adalah dampak dari musim utara yang terjadi di Kabupaten Natuna. Dan musim ini baru akan berakhir pada bulan Januari 2012. " selama musim ini berlangsung, kapal kecil antar pulau tidak berani berlayar" pungkasnya. (leh)

Ambruknya tembok pembatas terjadi di Perumahan Graha Bintan Permai di Jalan Cinta Damai Blok D Nomor 2-3 dan 4 di Kampung Sidomulyo Tanjungpinang Timur, dalam musibah tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun mengakibatakan kerugian harta benda. Asri pemilik rumah yang tertimpa tembok mengatakan, kejadian ambruknya tembok sekitar jam 3 subuh, saat itu kami sekeluarga tengah tidur dan tiba tiba terdengar bunyi gemuruh yang sangat keras dan diberengi dengan masuknya air kedalam rumah. "Saya terkejut sekali dengan sura yang bergemuruh dengan kuat, saya lihat air mulai masuk ke dalam kamar, saya langsung membangunkan istri dan langsung menuju kamar anak-anak yang kebetulan lain kamar dan langsung membangunkannya serta membawa keluar rumah takut terjadi apa-apa," Kata Asri Ia juga mengatakan, setelah suasana tenang dan masyarakat banyak yang datang kami dengan sejumlah orang memeriksa keadaan didalam rumah, setelah diperhatikan ternyata tembok dapur jebol dan banyak masuk batu dan tanah. Lain lagi yang dialami pemilik rumah nomor 4 yaitu Sudianto, yang mengalami kerusakan didalam rumah yang cukup parah banayak perabotan dapur dan alat elektronik seperti kulkas yang tertimpa batu dan tanah. "Saat kejadian saya sekeluarga tengah tidur dan tiba-tiba terdengar bunyi gemuruh yang sangat kuat sekali dibelakng rumah, serta dibarengi dengan air masuk kedalam rumah dan kamar, saya langsung menyelamatkan diri dengan berlari keluar rumah," ungkap Sudianto

Selain kejadian tembok runtuh dan menimpa tiga rumah, disejumlah titik di Kota tanjungpinang mengalami banjir yang cukup parah, seperti di Jalan Pemuda didepan SMAN 4 sejumlah ruko terendam banjir, banjir juga merendam sebagian perumahan Griya Bukit Harapan di jalaan Bunguran Tanjungpinnang. Sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua mengalami mogok, saat akan mencoba menerobos genangan air banjir di jalan pemuda tersebut. Banjir juga terjadi di batu 5 bawah serta banjir di jalan DI Panjaitan tepatnya di Batu 8, persis di depan BLK Provini Kepri. Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBA) Kepri, Munzir Purba dengan beberapa stafnya melihat TKP, dan langsung mendata kerugian yang dialami korban, dan berencana akan memebrikan bantuan sesuai dengan yang dibutuhkan.Sebelumnya dia juga telah meninjau beberapa lokasi banjir yang dalami warga Bintan dan Tanjungpinang. Menurut Munzir, hujan yang terjadi beberapa hari ini memang mangakibatakan beberapa bencana di beberapa daerah, karena laporannya serba mendadak untuk sementara pihaknya baru sebatas mendata berapa telah terjadi bencana. "Saya akan bekerja sama dengan pihak terkait seperti dinas sosial yang berada di tempat musibah atau tempat kejadian, nantinya akan memberikan bantuan yang dibutuhkan para korban, serta akan ditindaklanjuti semua laporan yang masuk,Ucap Munzir. Pada musibah bencana di Bintan dan Tanujungpinang, tidak menimbulkan korban jiwa namun mengakibatkan kerugian berupa harta benda. (sut)

SUTANA

TEMBOK RUNTUH — Tembok pembatas runtuh dan menimpa tiga rumah mengakibatkan bagian belakang rumah jebol di Perumahan Griya Bintan Permai Batu 9 Tanjungpinang, Minggu (25/12). Kejadian runtuhnya tembok terjadi pada pagi hari jam 3.00 Wib, saat hujan mengguyur Tanjungpinang.

Tax Holiday Untuk Investasi Rp1 Triliun

BATAM, HALUAN — Bagi investasi baru yang nilainya di atas 1 triliun, sejak 15 Agustus 2011, Pemerintah Indonesia mulai memberlakukan pembebasan atau pengurangan PPh Badan, yang lebih populer disebut tax holiday. Pelaksanaannya mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 130 Tahun 2011 tentang pemberian fasilitas pembebasan/pengurangan PPh Badan. Sekretaris Dewan Kawasan FTZ BBK Jon Arizal mengatakan, meski baru disahkan, berdasarkan aturan ini perusahaan-perusahaan baru yang masuk ke Indonesia sejak 15 Agustus 2010 boleh mengajukan permohonan untuk mendapatkan insentif tax holiday. Untuk mendapatkan insentif ini pihak perusahaan dapat mengajukan perizinannya ke pusat yaitu kepada Menteri Perindustrian atau Kepala BKPM,sedangkan yang mengeluarkan SK-nya adalah Menteri Keuangan. Adapun syarat perusahaan

yang boleh mengajukan untuk dapatkan tax holiday ini, lanjut dia,antara lain perusahaan (badan usaha) baru dengan investasi yang juga baru. Perusahaan yang dapat fasilitas ini adalah mereka yang memiliki nilai investasi minimal Rp1 triliun, dan mempekerjakan minimal 500 orang karyawan. Sedangkan jenis-jenis industri yang diberi kesempatan yaitu dari bidang industri logam berat, pengilangan minyak bumi, permesinan, industri bidang sumber daya terbaru, dan industri peralatan komunikasi. "Di luar lima bidang tersebut juga bisa diberikan terhadap bidang lain, tapi bidangnya harus industri pionir atau yang benar-benar baru dan belum ada di Indonesia," kata Jon Arizal kemarin. Menurut Jon, pada saat pengajuan, perusahaan tersebut diwajibkan menyertakan laporan yang berisi tentang infrastruktur pendukung investasi, penyerapan tenaga kerja Indonesia, dan

Lembaga Kursus Dan Pelatihan

TOPOGRAPHY TRAINING CENTRE PUSAT PENDIDIKAN TEKNIK SURVEY PEMETAAN APLIKASI KOMPUTER Serta Tempat Uji Kompetensi (TUK) Bidang Geomatika (Juru Ukur) Terakreditasi Oleh : Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) No. 014 / KEP / 001 / LSP - GIM / 1 / 2008 TGL, 30 / 01 / 2008, No. Dokumen 10 / KAN / PM / 07-11

Jalan Veteran No.202 Simp. Jirek, Telp/Fax. (0752) 3389 Bukittinggi Sumatera Barat NPWP : 02.698.698.4 - 202.000

Nomor Induk Lembaga Kursus (NILEK) No : 08201.3.2.0025.32/40/99

PROGRAM KEAHLIAN 1 TAHUN TERPADU Aplikasi Program Kumputer Survey AutoCad serta Program Penunjang

Syarat Pendaftaran: 1.Foto copy NEM, STTB SLTA sederajat 1 lbr 2.Pas Foto Ukuran 2x3 warna 3 lbr 3.Foto copy KTP 4.Mengisi Formulir Pendaftaran 5.Uang Pendaftara Rp.75.000,-

rencana tahapan alih teknologi secara konkrit. Syarat lainnya, yaitu perusahaan harus menempatkan dana di bank yang ada di Indonesia sebesar 10 persen dari nilai investasi. Dan tidak boleh digunakan sebelum kegiatan perusahaan dimulai. "Tax holiday akan berlaku selama lima tahun sejak mendapatkan SK Menteri Keuangan. Dan bisa diperpanjang hingga 10 tahun tergantung hasil evaluasi tim yang terdiri dari Kementerian Perindustrian, BPKM, dan Kementerian Keuangan," ujarnya. Kebijakan tersebut menurut dia, akan diberlakukan sampai dengan 15 Agustus 2014. Artinya, perusahaan yang mendapatkan SK dari menteri hanya mereka yang mengajukan permohonan sebelum tahun 2014. Terkait prosedurnya, perusahaan mengajukan permohonan. Kemudian dikaji tim. Hasil kajian ini akan dilihat lagi dampak strategisnya oleh Menko Perekonomian. Kalau memenuhi syarat di-

keluarkan SK-nya. Kalau tidak memenuhi maka dikembalikan lagi persyaratannya tersebut. Ia menambahkan, dengan diberlakukannya tax holiday ini akan menambah daya tarik investasi Indonesia pada umumnya dan Batam, Bintan dan Karimun (BBK) pada khususnya. Apalagi sebelumnya, investor yang masuk ke BBK sudah diberi insentif berupa bebas bea masuk dan pajak pertambahan nilai (PPn). Ia mengatakan, tax holiday juga diberikan negaranegara tetangga yang menjadi pesaing BBK, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, untuk menarik investasi. "Untuk Malaysia sama seperti Indonesia, waktunya 5-10 tahun. Kalau Vietnam untuk pembebasannya 2-4 tahun tapi kalau untuk pengurangannya bisa sampai 30 tahun. Tiap negara berbeda tergantung kebijakan pemerintahnya. Dari segi jenis industri yang mendapat fasilitas ini juga berbedabeda," tandas Jon. (rul)

HAJI KHUSUS & UMRAH IZIN DEPARTEMEN AGAMA RI = TERIMA PENDAFTARAN UMRAH REGULAR

FEBRUARI - JULI HARGA MULAI Rp. 15.000.000,-

= UMRAH 1 BULAN RAMADHAN

HARGA MULAI RP. 28.000.000,-

Men ding an Ku

rsu Ajaa s... aa...

MELAYANI : 1. Perbaikan Alat alat Ukur, seperti Waterpas Theodolit, 2. Jasa Pengukuran, Pemetaan, Pelatihan, Diklat

Info Lebih Lanjut Hubungi Bpk. Hidayat, Hp.081363116527, 0752 33891 Bukittinggi.

= TERIMA PENDAFTARAN HAJI KHUSUS HARGA USD. 7.000,-

HUBUNGI

ZULINDO TOUR / FAHMI TOUR Jl. Raden Saleh No. 52 Telp. 0751 - 443688 Fax. 0751 - 444910 Hp. 0811662400 email : fahmitravel@yahoo.com

Warna Air Laut Jadi Kuning

KEPRI, HALUAN — Warna air laut di depan Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau berubah menjadi kuning. Air laut berubah akibat lumpur tanah timbunan, yang meluber ke perairan laut. Warna laut yang berubah menguning akibat luberan lumpur pada proyek penataan dan revitalisasi kawasan tepi laut yang dilakukan penmerintah daerah setempat, telah terjadi sejak penimbunan laut sepanjang lebih kurang 500 meter dan sejauh 2050 meter dari bibir pantai itu dilakukan mulai akhir Oktober 2011. "Kami sangat mneyayangkan kejadian ini karena proyek penimbunan itu telah menimbulkan pencemaran air laut," kata aktivis Cerdik Pandai Muda Melayu (Cindai), Edi Susanto di Tanjungpinang, Minggu (25/12). Kondisi terakhir, air laut berubah warna lumpur kuning pekat sejauh 50 meter dari bibir pantai sepanjang lebih kurang 500 meter. Luberan lumpur semakin

H O T E L = MADINAH : DJAUHARAT AL FAYROZ *4/Setaraf

= MAKKAH : GRAND ZAMZAM *5/Setaraf DIYAFAT MUBAROK *3/Setaraf

bertambah setelah terjadi hujan lebat sejak Sabtu hingga Minggu siang di Tanjungpinang. Beberapa tanggul yang dibuat pihak kontraktor dan ditutupi dengan karung plastik juga roboh sehingga air laut menggenangi timbunan tanah tersebut. "Kami harapkan pihak Badan Lingkungan Hidup menghentikan proyek penimbunan tepi laut Tanjungpinang itu, agar pencemaran tidak semakin bertambah," ujar Edi. Proyek penataan dan revitalisasi kawasan tepi laut yang diprakarsai oleh Dinas Pekerjaan Umum Tanjungpinang dengan nilai Rp4,777 miliar lebih tersebut juga diketahui tidak memiliki izin timbun serta dokumen pengelolaan lingkungan (UKL/UPL). "Kami sudah cek, ternyata proyek penimbunan laut itu tidak punya dokumen lingkungan, Selasa depan kami akan surati BLH secara resmi meminta penjelasan dan permintaan untuk menghentikan proyek pemerintah itu sebelum ada

UKL/UPL," ujarnya. Sementara itu, pihak BLH Tanjungpinang belum bisa dimintai penjelasannya terhadap proyek yang tidak memiliki dokumen lingkungan itu. Salah seorang pegawai BLH yang tidak mau disebutkan namanya membenarkan kalau proyek itu tidak memiliki dokumen lingkungan sebelum dilakukan pengerjaan dan pembangunan sejak 1,5 bulan lalu. "Benar belum ada, pihak pemprakarsa baru memasukkan rencana dokumen UKL/UPLnya pada Kamis (22/12) lalu dan belum kami lakukan pembahasan," katanya. Proyek pembangunan monumen Raja Haji Fisabilillah yang berada persis disamping proyek penimbunan laut itu juga tidak memiliki dokumen lingkungan. "Kami sangat menyayangkan pemerintah melanggar sendiri aturan yang mereka buat, apalagi pengerjaan proyek itu mengancam ekosistem laut," ujarnya. (ant)

Pencuri Gaji Guru Ditangkap

TEMBILAHAN, HALUAN — Iwan Setiawan (31) pegawai Kantor Pos Pembantu Pulau Kijang, Kecamatan Reteh yang diduga telah membawa kabur uang gaji guru sekitar Rp700 juta akhir ditangkap polisi di daerah Cihampelas, Bandung, Jawa Barat, Rabu (21/12) malam. Kepastian tertangkapnya tersangka Iwan itu disampaikan Wakapolres Inhil, Kompol Imran Amir menjawab Haluan Riau, Jumat (23/12). “Memang benar, sekitar dua hari lalu, Rabu (21/12), tersangka Iwan berhasil kita tangkap di daerah Ciamplas, Bandung. Saat ini tersangka bersama petugas masih berada di Cirebon untuk mencari barang bukti yang lain,” kata Imran Amir. Wakapolres belum dapat memastikan kapan tersangka sampai di Tembilahan, tapi ia meyakinkan apabila semua barang bukti yang dibutuhkan telah dikantongi petugas, maka proses keberangkatan tersangaka Iwan segera dilaksanakan guna menjalankan proses hukum lebih lanjut. “Kalau semua urusan udah selesai, langsung menuju Tem-

bilahan,” ujarnya. Penangkapan tersangka Iwan oleh tim Buser juga tidak lepas dari informasi yang didapat dari dua orang temannya yang sudah diamankan pihak berwajib, yakni DAN serta Adi yang juga ikut menikmati uang curian itu. Sebelumnya, tim Buser Polres Inhil berhasil menangkap Adi pada 14 Desember di Sungai Piring Kecamatan GAS Inhil. Kemudian pada 17 Desember juga telah mengamankan DAN (30) di Batam Centre Provinsi Kepri. Dari keterangan DAN, polisi menduga saat ini tersanga Iwan masih berada di pulau Jawa. “Memang benar, DAN ini juga ikut menemani tersangka melarikan diri di pulau Jawa. Dari keterangan DAN, mereka akhirnya berpisah di Jakarta karena DAN takut membawa tersangka Iwan ke Batam sebab dia sudah menjadi DPO. Selama menemani tersangka, DAN telah menikmati uang curian sebesar Rp 10 juta,” kata Kapolsek Reteh AKP Suryadi Ningrat waktu itu. Pada 14 Desember, tim Buser juga berhasil menangkap sepupu tersangka, Adi di

daerah Sungai Piring Kecamatan GAS. “Si Adi ini merupakan sepupu tersangka yang disuruh untuk menemaninya melarikan diri ke Jawa Barat. Mereka bertemu di Jambi, setelah tersangka menghubungi Adi yang saat itu berada di Pekanbaru, sehari setelah kejadian,” kata Kapolsek. Tersangka Iwan Kurniawan (31) merupakan pegawai Kantor Pos Pembantu Pulau Kijang, Kecamatan Reteh yang telah membawa kabur uang gaji guru sekitar Rp700 juta pada 5 Desember lalu. Raibnya uang gaji para guru tersebut diketahui setelah para guru di Kecamatan Reteh mendatangi Kantor Pos Pembantu Pulau Kijang awal Desember lalu untuk mempertanyakan terkait keterlambatan pembayaran gaji mereka. Setelah satu minggu menunggu, ternyata keterlambatan pembayaran gaji itu disebabkan uang gaji telah dibawa kabur oknum pegawai. Uang yang dibawa kabur pegawai tersebut merupakan gaji guru SD, SMP dan SMA serta uang pensiunan, termasuk juga uang setoran PLN dari pelanggan di Kecamatan Reteh. (nal)

PT. WISATA AL-MABRUR USMANIAH TOURS & TRAVEL HAJI KHUSUS (ONH PLUS & UMROH)

KBIH YAYASAN AL - MABRUR

(IPHI) PROVINSI SUMATERA BARAT KOMPLEK ASRAMA HAJI Jl. Rasuna Said No. 71 B - Telp/Fax. (0751) 32810 PADANG Ikutilah Bimbingan Manasik Haji

MULAI MANASIK HAJI TANGGAL 21 JANUARI 2012

PENDAFTARAN DAN WAKTU BELAJAR MANASIK HAJI

Kami juga menerima

- Pendaftaran setiap hari Senin s/d Sabtu jam 08.00 s/d 16.00 WIB - Mulai pada tanggal 1 Desember 2011

Umroh 2012 & Haji Plus 2013 / 2014

JADWAL BELAJAR - Mulai belajar hari Sabtu, 21 Januari 2012

JADWAL PELATIHAN - Setiap hari Sabtu jam 09.00 - 12.00 WIB di kantor KBIH Al-Mabrur Jl. Rasuna Said No. 71 B Padang

Paket 9 Hari Paket 14 Hari Paket 20 Hari

13/2014

ji Plus 20

Harga Ha

+

USD $.7.250,mistik Biaya Do

JADWAL PRAKTEK

Harga sesuai dengan hotel pilihan Anda

- Setiap hari Minggu jam 06.30 s/d 10.00 WIB di Komplek Asrama Embarkasi Haji Padang

SYARAT - Mengisi formulir pendaftaran - Pas photo bewarna 3x4 (tiga) lembar - Foto Copy ansuran ONH dari Bank 1 lembar - Foto Copy KTP

DIBIMBING OLEH TENAGA PENGAJAR BERPENGALAMAN

CATATAN : Biaya Manasik Haji sebesar Rp. 900.000,-

Gratis Pakaian Ihram dan baju praktek Manasik Haji serta topi

*Jika ada perubahan kami informasikan secepatnya

Contact Person :

081374442868 081226612443 081267527251

10 LUAR NEGERI KALEIDOSKOP 2011 1 . Januari Sebuah bom meledak di sebuah gereja Koptik di Alexandria, Mesir, menewaskan 21 orang dan melukai 70 lainnya. 3 Januari Gempa berkekuatan 7,1 skala Richter terjadi di bagian selatan Chili. Lebih dari 200.000 penduduk terkena dampak serangkaian banjir yang terjadi terutama di Queensland, Australia. 9 Januari Insiden penembakan di Tucson, Arizona menyebabkan sedikitnya 6 orang tewas dan seorang DPR Amerika Serikat Gabrielle Giffords mengalami cedera. Terjadi kasus mutilasi di Hotel Times Square, New York, menyebabkan salah satu jurnalis Portugis tewas. 14 Januari Banjir bandang di Rio de Janeiro, Brazil, mengakibatkan sedikitnya 380 orang tewas. Sedikitnya 100 orang tewas dan 90 lainnya cedera dalam sebuah kekacauan massal di Sabarimala di Kerala, India. 15 Januari Presiden Zainal Abidin bin Ali meninggalkan Tunisia setelah serangkaian unjuk rasa dan Fouad Mebazaa memegang kekuasaan sementara. 16 Januari Bekas diktator Haiti Jean-Claude “Baby Doc” Duvalier kembali ke Haiti untuk pertama kalinya sejak 1986. Reli Dakar 2011 yang berlangsung sejak 1 Januari 2011 berakhir di Buenos Aires, Argentina. 18 Januari Lebih dari 50 orang tewas dalam bencana banjir di Afrika bagian selatan. 24 Januari Terjadi pengeboman di Bandar Udara Internasional Domodedovo, Moskwa, Rusia yang menyebabkan setidaknya 31 orang tewas dan lebih dari 130 orang terluka. 28 Januari Puluhan ribu warga mulai berunjuk rasa di Mesir secara intensif, menuntut Presiden Hosni Mubarak mengundurkan diri. 30 Januari Komposer musik film Ing gris, John Barry meninggal dunia pada usia 77 tahun. (dn/ Bersambung)

LINGKAR

Gelombang Besar Hantam Thailand BANGKOK, HALUAN — Gelombang setinggi tiga sampai empat meter menggenangi pantai Teluk Thailand yang menyebabkan banjir setinggi satu meter di satu desa provinsi Chumphon, kata gubernur provinsi itu Pinich Charoenpanich. Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Gelombang tinggi ini sudah biasa bagi para nelayan di laut tetapi saat ini gelombang itu terjadi di pantai, sehingga menyebabkan banjir di darat,” katanya kepada AFP. Negara itu telah dihantam gelombang tsunami pada 2004 yang menewaskan 5.400 orang di Thailand saja. Tsunami itu dipicu oleh gempa di lepas pantai Sumatra sehingga menimbulkan gelombang yang menghantam negara-negara di sekitar Samudra India yang menewskan lebih dari 220.000 orang.(ant)

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

India Bersemangat Dirikan Bank Syariah

JEDDAH, HALUAN — Pemimpin Partai di Kongres India, M.M Hassan menekankan pentingnya bank syariah dalam sistem keuangan di negara tersebut. Hal ini mengingat bank syariah berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat pembiayaan mikro dan pembiayaan proyek infrastruktur yang bebas ribawi. “Jika kami mampu membangun keuangan syariah, itu akan membawa banyak manfaat untuk rakyat dan negara kami, “ ujar dia seperti dikutip Arab News, Ahad (25/12). Hassan mengatakan partainya akan mempromosikan keuangan syariah dalam perekonomian India. Inisiatif implementasi keuangan syariah di India sebelumnya sudah ada. Namun, masih berbentuk perusahaan pembiayaan yakni BUMN, Kerala State Industrial Development Corp (KSIDC). Dia juga mengungkapkan telah didirikan sebuah institusi keuangan non bank yakni Janasree Sustainable Development Mission untuk memberikan pembiayaan pada Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM). “Kami mempertimbang-

kan untuk memakai keuangan syariah untuk usaha bersama (ventura). Pembiayaan tanpa bunga akan memberikan manfaat yang lebih besar pada masyarakat, “ ujar dia. Dalam sebuah forum, Indian Forum for Interest Free Banking (IFIB) di Jeddah, telah dibuat memorandum bersama yang akan dikirim ke Menteri Luar Negeri India, K.C.Joseph. Memorandum ini berisi dorongan bagi dua juta ekspatriat India yang bekerja di Arab Saudi untuk berinvestasi di lembaga keuangan India. Selain itu, memorandum tersebut juga mendorong semua bank memperkenalkan sistem perbankan tanpa bunga atau membuat unit syariah. (ant)

ANTARA

PROTES PENINDASAN MUSLIM — Perempuan Muslim berunjuk rasa di New York, belum lama ini. Pengunjuk rasa menggelar aksi protes menentang kekerasan Departemen Kepolisian New York (NYPD) dan Agen Intelijen AS (CIA) terhadap komunitas dan lingkungan pemukiman Muslim di New York, New Jersey, dan Pennsylvania, menurut laporan media stempat. Pengunjuk rasa dari “Occupy Wall Street” ikut bergabung dengan unjuk rasa tersebut.

Setelah AS Angkat Kaki, Muslimah Kunci Kemajuan Negara Irak dan Iran Rujuk TEHERAN, HALUAN — Iran bersiap untuk memperluas hubungan militer dan keamanannya dengan Irak, kata Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Ahad. Ini sepekan setelah keluarnya pasukan Amerika Serikat dari negara tetangganya itu. Jenderal Hassan Firouzabadi memuji “kepergian paksa” dari Pasukan Sekutu dan Amerika Serikat yang dikatakannya sebagai “akibat dari perlawanan dan penentuan rakyat dan pemerintah Irak,” kata kantor berita Republik Islam itu. Pernyataan itu terdapat dalam pesan yang dikirim oleh Firouzabadi kepada mitranya di Irak, Letnan Jenderal Babaker Zebari, dan kepada pejabat Menteri Pertahanan

Irak Saadun al-Dulaimi, kata IRNA. Kepergian pasukan AS “adalah karena resistensi dan tekad rakyat dan pemerintah Irak,” katanya. “Saya berharap kegagalan memalukan Amerika Serikat setelah sembilan tahun menduduki Irak akan menjadi pelajaran bagi mereka untuk tidak pernah memikirkan lagi menyerang negara lain, “katanya. Firouzabadi menambahkan bahwa Iran sekarang “siap untuk memperluas hubungan militer dan keamanan dengan Irak. “ Zebari memimpin delegasi pemimpin militer Irak ke Iran bulan lalu untuk menjajaki kerja sama yang lebih besar antara dua kekuatan pertahanan. (ant)

ANKARA, HALUAN — Islam menghargai dan menghormati posisi perempuan. Faktanya, di sejumlah negara Islam, posisi perempuan masih terpinggirkan. Dalam konferensi Perubahan Masyarakat Islam dan Peranan Perempuan, yang diselenggarakan Organisasi Konferensi Islam di Istanbul, PM Turki, Reccep Tayyip Erdogan, mengatakan pentingnya negara-negara Islam untuk menghargai dan menghormati hak-hal perempuan. Ia juga mengharapkan negara-negara Islam dapat menekankan pentingnya kebijakan yang melindungi perempuan dari tindak kekerasan. Kebijakan itu,

kata Erdogan, dimulai dengan komitmen menjalankan kebijakan dengan konsisten dalam mempromosikan kesetaraan gender dan merancang bentuk representasi seimbang antara lakilaki dan perempuan dalam segala bidang. “Saya kehilangan seorang ibu bulan lalu, dari situ saya kian teringat dengan perkataan Nabi Muhammad yang menyatakan surga berada di bawa telapak kaki ibu. Pernyataan Nabi menandakan Islam menghormati posisi perempuan,” kata Erdogan seperti dikutip todayszaman.com, Sabtu (24/12). Sekjen OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu, mengatakan peran perempuan Muslim telah

membawa perubahan positif dalam revolusi Arab. “Apa yang telah dicapai di negara-negara itu mungkin karena perempuan berdiri berdampingan dengan pasangannya,” jelasnya. Ihsanoglu juga menekankan, hanya melalui peningkatan partisipasi perempuan dalam bidang politik, sosial dan lainnya masyarakat akan menemukan jalan menuju kemajuan dan perkembangan yang berarti. “Meskipun fakta di lapangan menunjukkan perkembangan positif dalam peranan perempuan dalam dekade terakhir, masih ada pekerjaaan rumah yang belum selesai,” kata dia. (rep)

Blogger Mesir Dibebaskan

KAIRO, HALUAN — Pengadilan Mesir, Minggu, memutuskan untuk membebaskan blogger dan aktivis Alaa Abdel Fattah, yang telah melewatkan dua bulan terakhirnya dalam tahanan, kata adiknya. Mona Abdel Fattah mengumumkan di akun jejaring sosialnya, twitter bahwa pengadilan telah memutuskan untuk “membebaskan Alaa,” yang telah ditahan sejak 30 Oktober. Blogger itu dituduh menghasut kekerasan dalam aksi unjuk rasa 9 Oktober oleh orang-orang Kristen

Koptik di Kairo. Ia juga menghadapi tuduhan vandalisme selama demonstrasi yang berubah menjadi bentrokan dengan pasukan keamanan di mana 25 orang tewas, kebanyakan dari mereka berasal dari Koptik yang memprotes pembakaran gereja di kota selatan Aswan. Pemuda itu dilaporkan menolak untuk menjalani interogasi oleh penuntut militer dengan alasan bahwa militer itu sendiri terlibat dalam kasus tersebut. Saksi mata dari kelompok Koptik mengatakan bahwa

mereka ditembaki oleh tentara selama aksi unjuk rasa dan beberapa orang tewas ketika kendaraan lapis baja menabrak mereka. Tentara membantah tuduhan menggunakan kekuatan yang berlebihandan mengatakan tiga dari tentaranya ditembak mati. Pengamat mengatakan sekitar 12 ribu warga sipil telah dihadapkan ke pengadilan militer hanya dalam sembilan bulan terakhir dibawah pemerintahan kekuasaan militer termasuk “premanisme” dan “menghina tentara.” (ant)

Wagub DKI .................................Sambungan dari Hal.1 “Saya mundur demi kebaikan bersama,” kata Prijanto. Sumber lain di lingkungan balaikota, menyebutkan hubungan kurang harmonis antara Prijanto dengan Fauzi Bowo sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu. Bahkan dalam satu acara, Prijanto ditugaskan mewakili gubernur, namun sekda juga hadir. Demikian juga pada acara yang berbeda, Wagub hadir dan deputi gubernur pun juga disuruh hadir. Mengenai cagub, menegaskan tidak mau mendahuli Kehendak Yang Maha Kuasa, “Kalau itu, kalau saya bilang sekarang, saya mendahuli kehendak Tuhan. Jadi belum tentu. Insya Allah,” kata Prijanto. Prijanto tiba-tiba menangis saat menceritakan detik-detik ia mengajukan pengunduran diri pada 23

Desember lalu. Saat itu, ada 2 pihak yang pro dan kontra atas pengunduran dirinya. “Pada saat saya ingin mundur pun, ada 2 pihak, yaitu kelompok pertama menyetujui saya mundur dan menyatakana saya terlalu sabar. Dan kelompok kedua yang mengatakan saya tidak boleh mundur karena menganggap saya masih bisa berguna bagi DKI,” kata Prijanto sambil menangis. Air mata lelaki kelahiran Ngawi 26 Mei 1951 itu nampak membasahi pipinya. Ia lalu mengusap dengan tangannya. Prijanto mengungkapkan, ia dan Foke pada dasarnya satu visi, namun pada dasarnya implementasi penerapan di lapangan yang berbeda. “Visi misi itu sama ya, yaitu keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan. Namun terkadang yang berbeda adalah

implementasinya,” kata purnawirawan perwira tinggi TNI ini. Prijanto pun juga kembali mengelak saat ditegaskan kemungkinannya apakah kembali maju dalam Pilkada DKI 2012, walaupun ia menyatakan pengunduran dirinya tak ada kaitannya dengan Pilkada. “Kalau saya bilang tidak mencalonkan (di Pilkada DKI 2012), itu mendahului Tuhan,” jawabnya singkat. Prijanto menambahkan, pengunduran dirinya tersebut juga mendapat dukungan dari keluarga. Menurutnya ia telah meminta pertimbangan keluarga, termasuk anak-anaknya yang sudah dewasa. “Mereka mengerti prinsip berjuang. Saya adalah prajurit. Saya bekerja bukan karena mencari sesuap nasi. Saya harus bekerja bermanfaat bagi masyarakat,” imbuhnya. (ps/trb)

15 tahun Membangun................Sambungan dari Hal.1 Menurut ibu tiga anak ini kejadian abrasi tahun ini sungguh diluar dugaannya. Soalnya rumah Yenny sebelumnya berada agak jauh dari bibir pantai, atau lebih dekat kejalan nasional, sehingga tidak dikiranya rumah itu akan terkena abrasi. Sebelum abrasi datang, jarak rumahnya ke bibir pantai masih sekitar 20 meter, dan memiliki tebing sekitar satu meter. Disebutkannya ombak besar terjadi semenjak Jumat dan Sabtu (24/12) dan berlanjut pada Minggu. Ombak lebih tinggi dari biasanya, bahkan beberapa kali ombak memecah didapur rumah Yenny. Hal seperti itu tidak pernah terjadi selama ini. “Namun kerusakan rumah kami memang terjadi pada Sabtu malam, saat itu ombak sedang dalam keadaan besar. Berdasarkan pengalaman lalu, ombak seperti ini akan bertahan pada

beberapa hari kedepan,’’ katanya lagi. Dikatakannya, rumah bercat hijau tua dan semi permanen itu tersebut awalnya mengalami runtuh pada bagian dapur. Seluruh bagian belakang runtuh dan terseret ombak. Sebenarnya Sabtu sore ia melihat tanda tanda alam bahwa akan akan terjadi gelombang pasang. Tapi ia tidak menyangka akan sampai merusak pemukiman warga, soalnya jarak antara bibir pantai masih terlalu jauh. ‘’Rupanya gerakan pengikisan air begitu cepat. Maka atas saran warga lainnya kami sekeluarganya menyelamatkan perkakas dan peraltan yang ada dalam rumah. Ombak terus saja menghantam rumah kami bagian belakang. Semua barang yang ada dalam rumah kami keluarkan dan pindahkan ketempat yang aman,” katanya. Dikatakan Yenny, ia belum bisa

memprediksi hingga kapan mengunsi dan menumpang dirumah tetangga. Soalnya, ia tidak memiliki lokasi atau lahan lain utuk mendirikan bangunan. ‘’Tapi yang jelas, saya tetap menunggu musim pasang ini berakhir. Jika masih memungkinkan mendirikan rumah disisa tanah bekas rumah kami berencana akan bangun lagi disitu, tapi hanya rumah papan saja,’’ ungkapnya. Kepala BPBD Pessel Nashariyadi menyebutkan, Kawasan Pasir Putih tidak layak dijadikan pemukiman. ‘’Kami menghimbau, warga yang tinggal disepanjang pantai untuk memikirkan masa depan dengan tidak lagi tinggal dikawasan pinggiran pantai rawan bencana. Jangan setiap tahun kita disibukkan oleh bencana yang sebenarnya sudah bisa diprediksi di pinggir pantai,’’ katanya. (haridman)

11

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

Avanza Terjun ............................Sambungan dari Hal.1 Sumbar Harus ............................Sambungan dari Hal.1 Diduga mobil itu jatuh ke jurang diperkirakan dini hari Sabtu (24/ 12), karena lima mayat bergelimpangan ditemukan warga sekitar kejadian, setelah paginya dalam kondisi tubuh mayat sudah kaku. Walinagari Nan Tujuh Hendrizal kepada Haluan mengatakan, memang ada warga di Sungai Baluka yang mendengar bunyi dentuman seperti longsor sekitar pukul 03.00 WIB Sabtu dinihari, namun warga tidak menghiraukanya. “Barulah, setelah pagi warga akan pergi ke sawah melihat jejak mobil arah ke dalam jurang dengan rumput berantakan. Ternyata dilihat warga ke dalam jurang, ada mayat bergelimpangan lima orang dan mobil remuk yang diperkirakan baru jatuh. Kami langsung memberitahu pihak kepolisian untuk mengevakuasi mayatmayat tersebut,” kata Hendrizal.

Kanit Laka Satlantas Polres Bukittinggi, Iptu Rendi kepada Haluan mengatakan, berkat informasi warga, petugasnya baru sampai di lokasi kejadian Sungai Baluka, sekitar pukul 09.00 WIB pagi dan baru bisa mengevakuasi mayat sekitar pukul 13.00 WIB. “Karena mayat sudah kaku, kami langsung meminjam mobil ambulans ke Puskesmas Palupuh untuk dilakukan pemeriksaan. Namun pihak puskesmas Palupuh merujuk ke RSAM Bukittinggi untuk dilakukan otopsi,” kata Iptu Rendi. Kepala Puskesmas Palupuh drg Ibnu Fajar Putra kepada Haluan mengatakan, lima mayat itu terpaksa dirujuk ke RSAM, karena tubuh mayat sudah kaku yang diperkirakan sudah meninggal 12 jam akibat jatuh ke jurang. “Identitas lima mayat tidak kami ketahui, tetapi mereka dipastikan

pedagang yang akan berbelanja konveksi ke pasar Aur Kuning, karena uang mereka sangat banyak ditemukan saat diantar ke Puskesmas. mayat itu dua laki-laki dan tiga perempuan,” kata Ibnu, Tapi tadi malam, pihak Kepolisian Resor Bukittinggi berhasil mengidentifikasi nama-nama korban. Kelima korban adalah 1) Dahlia, (24) suku Mandailing pekerjaan wasta berlamat di Jln. Bukit Padang Sidempuan. 2) Muktar (30) suku Batak, pekerjaan swasta beralamat di Jln. STN Soripad gang Mulya Padang Sidempuan Utara 3) Jefri AM (50) suku Batak pekerjaan swasta, alamat di Tavo Boto Padang Sidempuan 4) Yusnidar (40) suku Minang alamat Tavo Boto Padang Sidempuan, 5) Minta Ito (30) suku Batak, alamat Jln. Merdeka No. 98 Sigiring-giri Padang Sidempuan. (jon)

Puluhan Rumah.........................Sambungan dari Hal.1 ”Ombak besar terjadi semenjak Sabtu (24/12) dan berlanjut pada Minggu. Ketinggian ombak tidak seperti biuasanya, bahkan beberapa kali ombak memecah didapur,” kata Anto (30), warga Pasir Putih Kambang. Disebutkannya, kerusakan terhebat terjadi pada Sabtu malam, saat itu ombak sedang dalam keadaan besar. Awalanya ombak hanya mengikis bagian belakang yakni pasir di pantai, kemudian setelah itu lenyap barulah terjadi kerusakan bagian belakang rumah. “Rumah kami awalnya runtuh pada bagian belakang, kemudian pengikisan terus terjadi. Pondasi bolong dan akhirnya seluruh bagian belakang runtuh dan terseret ombak, warga Pasir Putih kini cemas karena rumah tempat untuk tinggal akan ludes,” katanya mengisahkan. Sementara Netti (40) menyebutkankan pada Sabtu sore warga sekitar sudah mengetahui terjadi kenaikan air pasang yang diikuti gelombang besar. Lantas ia bersama anggota keluarganya mengeluarkan seluruh barang yang ada dalam rumah. “Air laut dengan cepat mengikis pinggir pantai, kemudian ombak menghantam rumah kami bagian belakang. Semua barang yang ada dalam rumah kami keluarkan dan pindahkan ketempat yang aman,” kata Netty menjelaskan. Dikatakannya, ia bersama tetangga lainnya mengungsi kerumah warga di seberang jalan nasional. Di sana mereka tidur seadanya saja. ‘Kami butuh bantuyan segera dari pemerintah, misalnya selimut, makanana bayi dan tenda,’ katanya.

Wali nagari Kambang Barat Nurlison menyebutkan, bencana abrasi pantai sudah sering terjadi, namun bencana kali ini menimbulkan dampak sangat besar bagi warga yang bermukim dikawasan Pasir Putih Kambang. “Menurut data kami, maka terdapat 20 rumah yang mengalami kerusakan hebat dan sebagiannya runtuh. Rumah yang terkena abrasi tersebut umumnya tidak bisa ditempati. Untuk itu, kepada warga diminta tidak memaksakan diri tinggal dirumah tersebut,’’ katanya. Dikatakannya, akibat bencana abrasi kerugian yang ditimbulkan mencapai satu milyar rupiah. ‘’Tidak ada korban jiwa yang timbul akbit bencana tersebut,’’ katanya. Sementara itu Kepala BPBD Pessel, Nashariyadi menyebutkan pemerintah menurunkan personil untuk melakukan pemantauan dan pendataan korban bencana anbrasi. ‘’Selain itu petugas kami juga memberikan petunjuk kepad korban bencana tata cara penyelamatan,’’ kata Nashariyadi. Ia juga menyebutkan, Kawasan Pasir Putih tidak layak dijadikan pemukiman. ‘’Kami menghimbau, warga yang tinggal disepanjang pantai untuk memikirkan masa depan dengan tidak lagi tinggal dikawasan pinggiran pantai rawan bencana. Jangan setiap tahun kita disibukkan oleh bencana yang sebenarnya sudah bisa diprediksi di pinggir pantai,’’ katanya. Wakil Bupati Pessel, Editiawarman mengatakan, pemerintah telah menurunkan dua untuk ekscavator untuk mengamankan tebing

yang tergerus, selain itu karung diisi pasir sebagi penahan ombak. Sementara terkait dengan warga, mereka dianggap masih belum membutuhkan bantuan pangan. Kecamatan Bayang Sementara itu puluhan unit rumah masyarakat di dua kecamatan yaitu, kecamatan Bayang dan Bayu bagian atapnya diterbang angin badai, kemudian satu unit rumah masyarakat di Pulut-pulut Kecamatan Bayang utara milik Rijal Efendi tertimpa pohon kelapa, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, kejadian sekitar jam 13,30 wib , Minggu (25/12) Kerusakan rumah yang terparah di Bayang yaitu rumah masyarakat nelayan karena mereka bermukim dekat pinggir pantai, angin badai yang berlangsung sekitar 1 jam telah membuat masyarakat berhamburan keluar rumah menghindar dari bahaya mencari daerah yang aman. Salah seorang nelayan di Muara Pasar Baru Utih mengakui, angin kencang yang datangnya tanpa diduga dengan kondisi cuaca yang cerah membuat panik masyarakat, untung saja kejadian berlangsung disiang hari, bila kondisi ini terjadi pada malam hari tentu ada korban yang terhimpit bagian bangunan rumah. Camat Bayang Sutan Heriyardi meminta masyarakat supaya menghindar ketika terjadi badai, karena tidak ada seorangpun yang menginkan datangnya musibah, maka menyelamatkan diri dari bahaya salah satu upaya terhindar dari kerugian. (h/har/jon)

Padang Aman, ............................Sambungan dari Hal.1 Di Padang, sedikitnya 6.000 umat Kristiani merayakan Natal di Gereja Katedral St Theresia Jalan Bundo Kanduang Padang, Minggu (25/12). Banyaknya umat Katolik yang merayakan Natal di gereja ini, membuat pengurus gereja terpaksa membagi tiga jadwal peribadatan, yakni pukul 06.15 WIB, pukul 07.30 WIB dan pukul 09.00 WIB. Prosesi Misa Natal itu sendiri telah dimulai pada Sabtu (24/12) lalu, sekitar pukul 18.00 WIB. Misa Natal juga dilakukan hari Minggu kemarin, yang juga dilakukan pada pukul 18.00 WIB. Gereja Katedral ini merupakan tempat favorit umat Katolik Padang dalam beribadat. Tiap tahunnya selalu penuh sesak. Bahkan jumlah tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya, yang mana tahun lalu hanya membagi dua jadwal peribadatan. Tak hanya menggelar prosesi peribadatan, pengurus gereja ini juga memberikan hadiah kepada 500 anak, memberikan paket pada 700 Kepala Keluarga (KK) kurang mampu, serta melakukan makan bersama warga kurang mampu. Kegiatan sosial ini rutin dilakukan setiap tahunnya pada saat Natal. Sedikit berbeda pada tahun sebelumnya, kali ini perkarangan Gereja Katedral juga ditempatkan berbagai pohon Natal yang unik, yang tidak hanya terbuat dari kertas, tapi juga terbuat dari botol plastik dan yang lainnya. Tak sedikit umat Katolik yang mengabadikan momen Natal di sekitar pohon Natal itu, baik menggunakan kamera foto, kamera video, bahkan dengan menggunakan handphone. Terkait perayaan Natal tahun ini, Pastor Markus W mengatakan, Natal kali ini bertemakan ‘damai bagi kita yang percaya pada tuhan’. Menurutnya, tema ini mengartikan bahwa kehadiran Tuhan memberikan rasa aman dan damai bagi diri manusia. Kehadiran Tuhan ini perlu diaplikasikan ke sesama umat manusia tanpa melihat golongan, ras, agama dan suku bangsa. “Siapapun yang kita jumpai, baik saudara sendiri atau tidak, jadikanlah mereka sebagai teman, karena dalam kehidupan ini, Tuhan tidak membeda-bedakan manusia,” ujar Pastor Markus W. Pastor menambahkan, ada sedikit keistimewaan Natal tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Menurutnya, saat ini banyak manusia yang menilai, bahwa berbagai bencana yang melanda Kota Padang dan Sumbar umumnya, merupakan sebuah cobaan,

sehingga banyak umat yang lebih sadar dan lebih taat beragama. “Dengan berbagai bencana di negeri ini, membuat manusia semakin sadar, bahwa mereka harus menolong dan berbagi kepada sesama,” tambah Pastor. Dari pantauan Haluan di sekitar lokasi Gereja Katedral ini, berbagai acara yang dilakukan, diikuti secara antusias oleh umat Katolik. Dari luar halaman gereja, beberapa petugas kepolisian terus memantau keamanan proses Natal tersebut. Perayaan Natal kali ini berlangsung aman dan lancar. Di beberapa gereja lain juga terdengar pesan natal bergema. Seperti gereja HKBP yang diramaikan masyarakat keturunan Batak. Sebelumnya, dua tim Gegana Polda Sumbar bersama Polresta Padang telah melakukan penyisiran di sejumlah beberapa Gereja di Kota Padang sekitar pukul 14.00 WIB pada Sabtu (24/ 12) lalu. Penyisiran tersebut bertujuan untuk menciptakan situasi aman dan terkendali jelang Natal 2011. “Untuk pengamanan Natal 2011, kami melakukan penyisiran di sejumlah Gereja-gereja yang ada di Kota Padang. Dari 32 gereja yang ada di Kota Padang, semuanya kita lakukan penyisiran, tak terkecuali gereja kecil. Kita menurunkan dua tim Gegana yang terdiri dari 16 personil,” kata Kabag Ops Polresta Padang Ari Yuswan Triono. Menurutnya, penyisiran ini dilakukan empat jam sebelum Misa Natal dimulai, dan untuk personil sendiri, Polresta akan mengerahkan personil sesuai dengan tingkat kerawanan. “Kami akan memperketat penjagaan gereja yang dirasa rawan, jadi untuk memperkuat itu akan dilakukan pengawasan yang ketat,” kata Ari. Tim Gegana yang melakukan penyisiran pada Gereja Katedral Padang ada satu tim, sedangkan satu tim lagi menuju gereja lain. Aparat melakukan penyisiran mulai dari lingkungan Gereja hingga kedalam. Semua tempat tak luput dari pemeriksaan tim Gegana. Untuk gereja Katedral Polresta Padang menempatkan 20 personil yang berjaga-jaga di lingkungan Gereja. “Walaupun di Sumatera Barat (Sumbar) tidak begitu rawan aksi teror bom dan kriminalitas lainnya. Namun perlu juga kita mengantisipasi hal tersebut. Ini ditujukan agar umat Kristiani merasa tenang dalam melaksanakan ibadah,” ujar Ketua Pelaksana Natal 2011 di Gereja Katedral, Husin Chandra.

Husin mengatakan untuk Gereja Katedral ini adalah perayaan Natal pertama pasca gempa 2009, Katedral yang baru selesai dibangun, saat ini bisa menampung 1.500 jemaah Katolik, namun masih saja belum cukup karena di Padang sendiri ada 12.000 jemaah Katolik. Sementara itu, perayaan Natal dari malam Misa hingga Minggu (25/12) kemarin, juga berjalan sukses dan aman di beberapa gereja yang ada di kota Jam Gadang Bukittinggi. Saat umat kristiani melaksanakan malam Misa, seluruh gereja yang ada di kota itu dijaga ketat aparat kepolisian berpakaian lengkap maupun berpakaian preman di sekitar gereja. “Perayaan Natal di Bukittinggi berjalan sukses dan aman, tanpa ada insiden atau apapun bentuknya,” kata Kapolres Bukittinggi, AKBP Drs Eko Nugrohadi MSI kepada Haluan, Minggu (25/12) siang kemarin. Sementara kota Bukittinggi yang memiliki magnet Jam Gadang, Ngarai Sianok dan Kebun Binatang diserbu pengunjung sejak Sabtu lalu, karena bertepatan dengan perayaan Natal dan libur nasional. Diperkirakan kepadatan pengunjung di Bukittinggi akan berakhir dua hari setelah pergantian tahun 2011/2012 mendatang. Kepala Taman Marga Satwa Budaya dan Kinantan (TMSBK) Tarmizi Said kepada Haluan mengatakan, kunjungan ke Kebun Binatang atau TMSBK naik dua kali lipat dibanding hari biasa sejak Sabtu lalu. “Kalau hari biasa pada hari libur jumlah kunjungan 1.100 orang sehari. Tapi sejak Sabtu tercatat jumlah kunjungan 2.028 orang dan hingga siang ini kunjungan sudah mencapai 2.000 orang,” kata Tarmizi kepada Haluan Minggu siang kemarin. Dikatakan, bagi pengunjung yang masuk TMSBK dikenakan retribusi Rp8.000 dewasa dan Rp5.000 anakanak. Khusus untuk rombongan dikenakan diskon 15 persen sesuai dengan Perda Kota Bukittinggi tentang retribusi TMSBK. Tidak saja TMSBK yang ramai dikunjungi masyarakat yang berdatangan dari daerah tetangga dalam Sumbar bahkan propinsi lain, tetapi pengunjung tidak lupa mengabadikan foto-foto mereka dengan latar belakang Jam Gadang serta Ngarai Sianok. Akibat ramainya pengunjung ke Bukittinggi, Pedagang Aksesoris dan juru parkir sekitar kawasan Jam Gadang ketiban rezeki dibanding hari-hari biasanya. (h/wan/nas/jon)

Anjungan Sumbar Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (25/12) kemarin. Sementera itu, tiga pembicara dalam kegiatan Sarasehan Menggali Potensi Keunggulan Kuliner Sumatra Barat yang berlangsung setelah acara pembukaan Festival, masing-masing Linda F Adimidjaja (Redaktur Majalah Femina), Raseno Arya (Kasubdit Promosi Wisata Wilayah I, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dan Burhasman Bur (Kadisbudpar Sumbar) sepakat meminta kualitas rendang ini harus dijaga oleh masyarakat Minang, terutama rendang yang dijual di Sumatra Barat. Lebih lanjut dalam festival yang menampilkan 20 peserta yang menyajikan berbagai aneka makanan khas Minang itu, Gubernur mengatakan bahwa Sumatra Barat sudah mendapat promosi gratis untuk masakan rending melalui jaringan

CNN. Namun , “saya minta masyarakat tidak mempersoalkan mengapa nama rendang ini adalah rendang Padang. Orang sudah lama mengenal restoran Padang, sekarang rending Padang. Kan tidak mungkin pula kita bilang rending Pariaman, Payakumbuh, Solok dan sebagainya,” kata Gubernur. Selain itu, Gubernur juga meminta agar di masa mendatang standar rasa masakan Minang harus dibuat, termasuk bumbu yang digunakan. Makan Bajamba Raseno Arya mengaku sangat tertarik melihat kegiatan festival Masakan Minang yang digelar oleh Anjungan Sumbar tersebut. Namun dia menyarankan agar di masa mendatang, orang yang ikut menikmati masakan yang terjadi dalam festifal ini juga dari berbagai komunitas lain, seperti korp diplomatik dalam bentuk makan bajamba. “Kami siap mendukung kegiatan

seperti ini di masa mendatang, apalagi hal ini menampilkan masakan tradisi Minang yang sudah mampu mengubah selera nusantara,” ujar Raseno. Kadisbudpar Sumbar Burhasman menyebutkan bahwa masakan Minang yang selama ini ditakuti banyak orang akan lemaknya, sesungguhnya tidaklah begitu sepanjang masakan ini, termasuk rending dibuat sekali jadi. Bukan yang sering dipanaskan, sehingga lemak yang ada tidak terurai. “Sepanjang dimasak dengan bumbu masak tradisional dan dibuat untuk sekali jadi, maka masakan Minang tidak membahayakan bagi kesehatan,” kata dia. Ia juga sepakat kualitas rendang yang beredar di Sumbar harus terjamin, termasuk ke-hegienisannya. “Orang non Sumbar boleh saja bikin rendang Padang, tetapi yang di Sumbar harus terjamin kualita dan rasanya” imbuh Bur. (h/sal)

Garuda Siap ...............................Sambungan dari Hal.1 Manager Garuda Cabang Padang, Dedi, di Garuda Point, Senayan City, Jakarta, Jumat (23/12) pekan lalu. “Kami sangat merespon permintaan Pak Wagub Sumbar bersama Ketua Kadin, Pak Walikota Sawahlunto dan kepala daerah lainnya agar Garuda bisa membuka kembali penerbangan Padang-Singapura pergi pulang yang sudah lama tidak dijalankan,” ujar Emirsyah Satar yang juga putra asli Minang ini. Tanda keseriusannya untuk membuka rute penerbangan PadangSingapura itu, Emir akan memimpin langsung tim Garuda Indonesia ke Padang pada 12 Januari mendatang untuk bertemu dengan pimpinan daerah, baik provinsi maupun kota dan kabupaten guna membicarakan berbagai persiapan yang lebih matang, termasuk mengkaji dampak penerbangan langsung Padang-Singapura ini di masa mendatang, khususnya untuk kemajuan dunia pariwisata Sumatra Barat. Menurut Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim, penerbangan langsung Padang-Singapura itu sudah saatnya dibuka kembali mengingat para pelancong dunia ke Singapura cukup tinggi dan diharapkan di antara wisatawan itu bisa datang ke Sumatra Barat secara langsung. Tidak seperti selama ini, yaitu melalui Batam, Jakarta atau lewat Kuala Lumpur. Sebaliknya, kata Muslim Kasim yang nampak sangat bersemangat untuk mendorong kemajuan Pariwisata Ranah Minang ini, berbagai hasil bumi Sumatra Barat juga akan bisa dipasarkan ke Singapura, seperti sayur mayor dan ikan segar. “Selama ini kita sangat terhampat memasarkan hasil-hasil pertanian dan nelayan ke Singapura karena ketiadaan alat transportasi yang langsung seperti pesawat terbang itu,” ujar Muslim. Ketua Kadinda Sumbar Asnawi Bahar menambahkan, jalur penerbangan Padang-Singapura ini terakhir kali dilayani oleh Tiger Airways dan sejak empat tahun lalu sudah diting-

galkan. Seaat ini, kata dia, permintaan untuk penerbangan langsung itu sudah sangat tinggi. Wisatawan dari Negara jiran itu bila hendak ke Padang harus menyeberang dulu ke Batam atau terbang ke Jakarta. Akibatnya, mereka para wisatawan yang di Singapura itu jadi enggan datang ke Ranah Minang. Walikota Sawahlunto Amran Nur, Wakil Walikota Bukittinggi Harma Zaldi dan Wakil Bupati Tanah Datar Hendri Arnis, mengaku kesulitan melakukan promosi wisata dan produk-produk daerahnya ke Negara jiran itu, karena pada umumnya mereka akan bertanya, apa ada penerbangan langsung ke Sumatra Barat. Sawahlunto, kata Amran, malah berani membuka ruang promosi di Malaka sejak beberapa tahun silam karena Kualalumpu-Padang memiliki penerbangan langsung 10 kali dalam seminggu. Padahal, “Singapura juga merupakan potensi besar pasar wisata Sumatra Barat,” imbuhnya. Saat diusulkan oleh Ketua Kadin Asnawi Bahar agar daerah-daerah di Sumbar bisa memberikan insentif berupa dana promosi tahap awal bagi Garuda dalam pembukaan penerbangan ini, Amran langsung menyatakan kesiapannya. “Kami siap bantu Garuda di tahap awal pembukaan penerbangan ini sehingga bisa tertutup keekonomisan suatu penerbangan,” jelasnya. Menurut Amran, cukup banyak paket wisata yang bisa ditawarkan ke Singapura. Selain keindahan alam dan kulinernya, juga bisa ditawarkan paket bermain golf di Malibo Anai dan sebagainya yang hanya membutuhkan waktu 2 hari. Datang Sabtu pagi dan kembali Minggu sore atau malam. Terbang Malam Dirut Garuda Emirsyah Satar mengaku sangat tertantang untuk menghidupkan kembali penerbangan Garuda dari Padang ke Singapura tersebut pergi pulang. Selama ini, kata dia, pihaknya kesulitan mela-

yani penerbangan langsung berdurasi 50 menit tersebut karena keterbatasan pesawat. Tahun depan, kata Emir, Garuda akan memiliki sejumlah pesawat baru yang lebih kecil dengan kapasitas 8090 seat dan akan sangat efektif untuk melayani rute Padang-Singapura ini. Namun demikian, menjelang itu, bersama General Manager Garuda Padang, Dedi, Emir sudah mengancarancar untuk memanfaatkan dulu pesawatnya yang saat ini menginap di Bandara Minangkabau. “Kita terbangkan saja itu dulu malam hari ke Singapura dan subuhnya kembali ke Padang. Tapi, Bandaranya harus dibuka sampai malam,” jelas Emirsyah yang ibunya asli dari Bukittinggi ini. Perlu Dibenahi Di sisi lain, Emirsyah juga memberikan sumbang saran melalui Wakil Gubernur Sumbar agar dunia kepariwisataan di Ranah Minang perlu dibenahi dengan sungguhsungguh, terutama cara pandang masyarakat terhadap pariwisata. “Pariwisata itu adalah jasa dan sangat memelukan pelayanan yang prima, serta infrastruktur yang memadai. Jadi, mindset masyarakat, kultral melayani dengan keramahtamahan itu sangat diperlukan di dunia pariwisata,” ujar dia. Menurut dia, Garuda bisa saja membuatkan paket wisata ke Sumatra Barat, termasuk paket golf. “Kalau pelayanan masyarakatnya susah, kebersihannya tak terjamin, lapangan golfnya tak terawatt, bagaimana mungkin kita berharap wisatawan banyak datang ke daerah ini,” kata Emir. Untuk turut mendukung pembenahan dan promise Pariwisata Ranah Minang itulah, pada akhir Januari mendatang, Garuda bersama Bank Muamalat akan menggelar “Garuda Fun Bike” di sekitar Danau Maninjau. “Mainjau adalah kawasan wisata yang sangat menakjubkan. Nanti akan kita gelar acara fun bike di sana,” ujar Dirut Garuda ini. (h/sal)

Hentikan Program ......................Sambungan dari Hal.1 Dengan menyalah-nyalahkan Barat, mereka kembali menyebut local wisdom, kearifan lokal, dan nilai-nilai karakter khas setiap etnik yang tergerus. Ada silih asih, silih asah, silih asuh di Sunda, ada waja sampai kaputing di Kalimantan Selatan, dan ada lamak dek awak katuju dek urang di Minangkabau. Semua dianggap tak mangkus. Dalam satu-dua dekade terakhir, sebagian anak-anak Indonesia dikatakan tak lagi punya karakter? Dengan sebagian anak-anak tak berkarakter itu lalu terjadi perkelahian antarpelajar, antarsekolah, di pelbagai tempat di tanah air. Tersualah murid-murid yang tidak menghormati guru, tidak berperilaku santun terhadap orang-tua, tidak mau menjalankan peraturan sekolah. Dalam diskusi saya kemukakan, sungguh-sungguh, saya sama sekali tak mengerti makna karakter. Saya mengikuti pemikiran tentang karakter ini di media cetak, daring (on line), dan membaca beberapa buku. Saya membuka kamus, ensiklopedi, thesaurus, berdiskusi dengan pakar. Saya tetap tidak paham makna kata karakter yang kemudian ditali-temalikan dengan pendidikan: pendidikan berkarakter, pendidikan karakter. Tidak pernah jelas makna karakter sebagai watak, akhlak, tabiat, budi pekerti atau kepribadian. Tidak pula jelas perbedaan makna pendidikan berkarakter, dan pendidikan karakter. Ketakjelasan itu lebih kurang sama dengan makna Pendidikan Moral Pancasila, Civics, Kewarganegaraan, atau P4 di masa silam. Tidak ada upaya penyederhanaan makna biarpun tentu tidak bijak bila masalah disederhanakan. Ada kejumudan pemangku pendidikan (pejabat pemerintah di level atas) menyiasati dinamika anak-anak sehingga mereka merasa perlu merumuskan karakter itu untuk,

dengan slogan besar, kepentingan bangsa. Dengan demikian, sebentar lagi, bisa saja ada mata ajaran baru Pendidikan Karakter atau apapun namanya. Secara bersamaan dan pasti, setelah itu terbuka dan diselenggarakan pelatihan-pelatihan tentang Pendidikan Karakter itu. Dan dua Sekolah Menengah Atas di Kota Padang dijadikan pilot project (mengapa harus berbahasa Inggris?) untuk urusan karakter ini. Pada hemat saya persoalan terletak bukan di sana, bukan pada karakter itu. Sebagian besar andai bukan semua mata ajaran bukankah mengemban watak atau nilai atau kepribadian? Dulu ada mata ajaran Budi Pekerti. Dari dulu sampai sekarang ada mata ajaran Agama. Kini ada mata ajaran bermuatan lokal, sebutlah, untuk Sumatera Barat, dengan nama Budaya Alam Minangkabau. Mungkin saja ada mata ajaran Budaya Bugis, Budaya Bali, Budaya Mandar, Budaya Batak, Budaya Papua. Semua berupa pendidikan formal. Itu berarti belum dimasukkan pendidikan tidak resmi yang juga berlangsung di masing-masing etnik. Juga tak kalah penting adalah mengurangi kalau belum menghabiskan kelakuan sebagian elit politik yang tiap saat memberikan contoh-teladan yang tak baik untuk anak-anak Indonesia. Persis, persoalan terletak di sini. Mungkinkah tidak ada lagi Gayus yang lain, Nazaruddin yang lain, Nunun yang lain di Indonesia? Mengapa di Sumatera Barat terjadi Ketua MUI menjadi terpidana? Mengapa ada anggota dan sekretaris DPRD gugat-menggugat dan salah-menyalahkan di meja hijau? Dan, ternyata, tidakkah beberapa kasus itu diserap dan, setidaknya “dipelajari” langsung oleh anak-anak di bumi perasada, di tanah air mereka sendiri, bukan dari Barat! Bukankah sesungguhnya di semua

rangkuman mata ajaran terdapat pendidikan karakter? Seorang guru yang memulai mata ajaran dengan basmalah, seorang murid yang menampakkan sikap hormat kepada guru (tidak usah cium tangan), seorang kepala sekolah yang secara kreatif mengujudkan sekolah yang dinamik dan produktif (seperti yang digagas Mohammad Sjafei), adalah beberapa hal yang terkait dengan karakter itu. Dan biarpun tidak semua, namun fenomena bahkan kenyataan demikian tersua, masih tersua, di sekolah-sekolah di nusantara. Bahwa masih ada keadaan bangunan sekolah yang sangat memrihatinkan, itu cerita lain. Jadi, melalui peneliti, antara lain, sahabat saya, sastrawati dan jurnalis andal, Sirikit Syah, dari Surabaya, yang hadir di forum, saya berpesan, agar upaya menciptakan mata ajaran baru, atau upaya untuk “membuat” pendidikan yang berkarakter, pendidikan karakter, dan yang sejenis itu, dihentikan. Ini akan jadi pekerjaan mubazir. Semubazir pendidikan dan penataran P4 dulu. Mengapa tidak guru-guru profesional di bidang muatan lokal dibanyakkan, ditingkatkan kemampuan mereka? Mengapa uang yang dialokasikan untuk program ini tidak digunakan untuk membangun atau membaikkan gedung-gedung sekolah yang rusak? Pada akhirnya saya menerima bocoran, ternyata program mendadak ini diadakan untuk menyesuaikan agenda (tahun anggaran). Biarpun peneliti mengaku tidak menerima honorarium (kecuali untuk biaya transportasi dan akomodasi), bukankah program ini menghamburkan uang negara? Berapa banyak peneliti dan peserta diskusi mendadak seperti ini di Indonesia pada akhir tahun? Berapa sesungguhnya uang negara difoya-foyakan? Ini baru dalam satu kementerian? (*)

12 MOZAIK

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

HEBOH PAYUDARA PRANCIS

Jead-Claude Mas Diburu

LONDON, HALUAN — Pendiri perusahaan produksi implan payudara asal Prancis yang dianggap menimbulkan keresahan di berbagai negara mulai diburu oleh interpol. Agen polisi internasional telah memasukan identitas Jean-Claude Mas, berusia 72 tahun, dicari di Kosta Rika karena melakukan kejahatan berkaitan dengan “kehidupan dan kesehatan”. Sebelumnya, Prancis menyarankan 30.000 perempuan untuk mengangkat implan payudara buatan Perusahaan Mas, Poly Implant Prothese (PIP) Disebutkan tidak ada bukti implan itu dapat menyebabkan kanker tetapi berisiko mengalami kebocoran. Bagaimanapun, pemerintah Inggris melalui badan kesehatannya menyebutkan tidak ada bukti yang mengkaitkan implan ini dengan kanker payudara. Diperkirakan sekitar

40.000 perempuan Inggris menggunakan implan payudara. Dalam daftar buronan internasional di situs interpol, dipajang dua foto wajahMas. Disebutkan Mas diburu oleh otoritas Kosta Rika, tanpa ada penjelasan secara rinci. Seorang kuasa hukum PIP mengatakan Mas berada di bagian tenggara wilayah Var Prancis dan akan tinggal disana, seperti diberitakan Reuters. Yves Haddad menambahkan Mas belum menyampaikan keterangan publik mengenai skandal itu. Sebagian besar perempuan yang menggunakan implan payudara buatan PIP, berada di Amerika Selatan dan Eropa Barat. Menteri Kesehatan Prancis

mengatakan perempuan yang menggunakan implan payudara PIP tidak memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker dibandingkan dengan perempuan yang menggunakan implan produksi perusahaan lain, tetapi memiliki risiko bocor. Menteri Kesehatan Xavier Bertrand menyarankan perempuan Prancis yang menggunakan implan payudara itu, untuk mengangkatnya sebagai “tindakan pencegahan”, tetapi menyebutkan langkah itu “tidak mendesak”. Operasi pengangkatan akan dibayar dari dana publik untuk kesehatan, tetapi pemerintah Prancis hanya akan membayar penggunaan implan baru jika itu merupakan bagian dari rekonstruksi payudara yang berkaitan dengan penanganan kanker. Jika perempuan tidak ingin diangkat implannya, maka negara akan membayar pemidaian dengan ultrasound selama enam bulan. (bbc)

Gen Kanker Ditemukan

LONDON, HALUAN — Sebuah gen telah diketahui terkait dengan 70% kanker payudara yang sulit diobati lewat terapi hormon. Kajian yang diterbitkan di majalah Nature menggunakan teknik baru untuk menguji ratusan gen pada waktu yang bersamaan, bukannya satu per satu. Para ilmuwan mengatakan terdapat “banyak kemungkinan pengaruh yang signifikan” jika obat dapat dikembangkan berdasarkan temuan ini. Cancer Research UK menyatakan akan menarik untuk mengamati tindak lanjut penelitian ini. Hormon dapat mendorong pertumbuhan tumor karena itulah obat

yang dapat menghambat proses ini seperti tamoxifen digunakan. Tetapi sepertiga kanker payudara muncul tidak didorong oleh hormon jadi obat yang ada tidak berguna. Sampai saat ini hanya sedikit obat yang tersedia untuk pasien kanker jenis ini. Dr Richard Possemato Peneliti di Whitehead Institute for Biomedical Research, Massachusetts, AS menggunakan materi gen kecil yang dapat mematikan gen. Mereka menyuntikkan gen tersebut ke dalam sel kanker untuk menyelidiki gen pembentuk dan penumbuh tumor. Mereka menemukan bahwa gen - PHGDH sangat aktif, sangat lebih

aktif dibandingkan biasanya, pada 70% tumor yang tidak dapat diobati terapi hormon. Identifikasi gen kanker payudara tertentu diharapkan akan menjadi dasar penciptaan obat yang menghambat pertumbuhannya. Dr Richard Possemato mengatakan kepada BBC, “Terdapat banyak kemungkinan pengaruh signifikan jika terapi terbukti efektif. “Meskipun demikian karena kami tidak melibatkan pasien dalam penelitian atau mengembangkan penghambat kimiawi sehingga kemungkinan terlalu dini untuk mengetahui pengaruhnya pada masyarakat umum.” (bbc)

Gaya Hidup, Biangkerok Kanker LONDON, HALUAN — Hampir separuh dari kanker yang terdiagnosis setiap tahunnya di Inggris disebabkan oleh gaya hidup, seperti merokok, meminum alkohol, dan pola makan yang tidak sehat. Rokok menjadi penyebab terbesar, sekitar 23%, untuk kanker di kalangan pria, sementara untuk wanita angkanya mencapai 15,6% kata laporan yang disusun lembaga Penelitian Kanker Inggris. Pola makan yang tidak sehat, seperti jarang mengkonsumsi sayuran segar atau buah, menjadi penyebab terbesar kedua penyakit kanker di kalangan pria. Untuk wanita penyebab terbesar kedua adalah kelebihan berat badan. “Banyak yang beranggapan

kanker disebabkan oleh faktor nasib atau keturunan,” kata Profesor Max Parkin, ketua tim penulis laporan yang diterbitkan Jurnal Kanker Inggris. “Melihat bukti-bukti yang ada, jelas bahwa 40% kanker disebabkan oleh faktor-faktor yang sebenarnya bisa kita cegah,” kata Parkin. Untuk pria, nasehat terbaik sepertinya adalah berhenti merokok, perbanyak sayur dan buah, dan mengurangi alkohol. “Melihat bukti-bukti yang ada, jelas bahwa 40% kanker disebabkan oleh faktor-faktor yang sebenarnya bisa kita cegah” Untuk wanita, kata para ahli, berhenti merokok dan jaga berat badan. Secara keseluruhan diketahui terdapat 14 faktor gaya hidup dan lingkungan -seperti

tempat tinggal dan lingkungan kerja- yang menjadi penyebab kanker di Inggris, yang mencapai 134.000 kasus per tahun. Sekitar 100.000 kasus (34%) kanker terkait dengan merokok, pola makan, alkohol, dan kelebihan berat badan. Satu dari 25 kasus kanker terkait dengan pekerjaan, misalnya karena sering terpapar bahan kimia atau asbestos. Kaitan sejumlah faktor dengan kanker bisa dipastikan dengan jelas, misalnya antara merokok dan kanker paru-paru namun tidak demikian halnya dengan beberapa faktor lain. Misalnya untuk kanker payudara, karena kelebihan berat badan lebih mungkin menyebabkan kanker payudara dibandingkan faktor menyusui atau mengkonsumsi alkohol. (bbc)

FITNESS –– Olahraga dan budaya bugar adalah salah satu cara untuk menghindari serangan kanker.

13

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M / 30 MUHARAM 1433 H

PERWAKO DISIAPKAN

Tawuran Pelajar Kian Meresahkan

PADANG, HALUAN — Tawuran pelajar kian meresahkan. Hampir tiap saat ada saja siswa bakuhampeh, meski dipicu persoalan sepele. Dendam berkepanjangan jadi akar masalah. Diperlukan tindakan konkrit untuk menyelesaikannya, agar korban tak bertambah. Sabtu (24/12) puluhan siswa dari berbagai sekolah baik SMP, SMA maupun SMK terlibat tawuran di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol sekitar pukul 11.00 WIB. Dalam aksi itu, salah satu warga Ulil Amri (16) terkena tusukan. Tetapi tidak diketahui pelaku yang menusuk pemuda putus sekolah itu. Hingga kini korban masih dirawat intensif di ruang IGD Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo, Ganting. “Saya tidak sempat melihat siapa yang meusuk. Saya hanya jalan-jalan saja sama dengan teman di Imam Bonjol. Saya ingin polisi menangkap penusuknya,” kata Ulil saat ditemui di RS Reksodiwiryo kemarin. Informasi yang diperoleh menyebutkan, tawuran pecah ketika beberapa kelompok pelajar dari SMK Kosgoro sedang berkumpul di RTH Imam Bonjol, dan bercanda dengan teman-teman sesama sekolah. Kemudian dari arah Pasar Raya datang beberapa pelajar sekolah lain yang diduga jadi musuh utama mereka. “Mereka saling kejar dan lempar, saya takut jualan saya pecah, saya hanya berteriak agar jualan saya tidak kena,” kata salah seorang penjual jus di RTH Imam Bonjol, Erni (34). Sementara menurut pengakuan Afriko Pranando (16), siswa SMP Yulian Pratama,

saat itu dia sedang jalan-jalan sehabis sekolah dengan temannya di Imam Bonjol, dan dari belakang dia melihat anak SMA berlari-lari sambil membawa senjata. Karena takut, dia juga ikut lari dan langsung tertangkap polisi yang mengetahui tawuran tersebut. “Saya tidak tahu siapa orang yang tawuran tersebut, dan saat itu saya hanya dudukduduk saja dengan teman, dan melihat kawan lari, saya pun ikut lari,” kata Afriko yang ikut ditangkap polisi dalam tawuran itu. Sementara itu, Kanit I SPKT Polresta Padang, Ipda Harmon mengungkapkan, pelajar yang ikut tawuran tersebut berhasil diamankan sekitar sembilan orang pelajar, dan satu orang dirawat di RS Reksodiwiryo. Mereka yang tertangkap adalah Yulianto (18), Hendra Kurniawan (16), Joni Evanda (16), Afriko Prananto (16), Hendra Pratama (15), Rafi Ramadhan (18), M Ikhsan (17), Jovan Fernando (17), dan Rista Julia Putra (13). Kemudian petugas mengamankan barang bukti berupa tiga buah ikat pinggang, satu pisau, dan satu gunting. Namun, barang bukti yang diamankan tersebut, tidak ada satu pun pelajar yang mengaku membawanya. “Kami mendapatkan barang bukti tersebut, saat kami

mengejar para pelajar tawuran dan pelaku membawa sajam tersebut membuangnya. Namun, pelaku tersebut tidak berhasil ditangkap,” kata Harmon. Ditambahkan Harmon, pihaknya akan mendata para pelajar sekolah tersebut dan memberikan pembinaan. Kemudian akan disuruh membuat perjanjian, dan diserahkan kepada pihak orang tuanya atau sekolah. Rancang Perwako Maraknya perkelahian antar pelajar di Kota Padang belakangan ini, tak hanya memusingkan masyarakat namun juga membuat Dinas Pendidikan Padang kehilangan akal untuk mengatasinya. Untuk itu, instansi bersangkutan saat ini menyiapkan sebuah draft untuk mengantisipasi tawuran pelajar. “Draft tersebut akan disusun bersama dengan tokoh masyarakat, polisi, DPRD dan juga wartawan. Dan hasil pertemuan itu nantinya akan dijadikan sebuah peraturan walikota (Perwako),” kata kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Dian Wijaya pada Haluan, Minggu (25/12). Meski mengaku frekwensi kasus tersebut untuk ukuran Sumatera Barat sangat tinggi, namun secara nasional menurut Dian masih dalam taraf wajar. Akan tetapi, hal itu menurutnya tak akan menjadi alasan untuk mentolerir tawuran yang makin marak belakangan ini. Melalui Perwako tersebut nantinya, akan ada sebuah payung hukum tegas akan sanksi yang bisa diberikan bagi para pelaku tawuran. Sanksi yang telah ditetapkan selama ini perlu lebih dipertegas karena sepertinya belum mampu

HASWANDI

PEMBINAAN —Sejumlah siswa yang tertangkap saat tawuran diberi pembinaan di Mapolresta Padang. Dinas Pendidikan tengah menyiapkan draf Perwako untuk mengatasi aksi ini kembali terulang menimbulkan efek jera bagi pelaku tawuran. Dengan melibatkan semua pihak dalam menyusun draft Perwako anti tawutan tersebut, maka nantinya kata mantan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan itu, akan lahir sebuah semangat dan juga kepedulian untuk mengeliminir tawuran antar pelajar di Kota Padang dan juga Sumatera Barat. Dinas Pendidikan Kota Padang sendiri kata Dian, saat ini telah mendapatkan masukan dan nama sekolah-sekolah yang “gemar” melakukan tawuran. Hal itu menurutnya sangat

penting dalam rangka mempersempit jumlah sekolah yang melakukannya. “Jumlahnya telah ada di kami, namun tentu tak bisa dipublikasikan. Pastinya nama-

nama sekolah yang pelajarnya nyaris setiap saat ikut tawuran tersebut telah ada di benak masyarakat dan juga wartawan,” katanya berdiplomasi. Draft Perwako anti tawu-

ran tersebut diharapkan Dian Wijaya telah bisa lahir dalam waktu dekat setidaknya awal tahun 2012, sehingga bisa pula secepatnya diterapkan. (h/nas/ted)

14 PADANG

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

BALAPAN LIAR

PKS Berikan Penghargaan PADANG, HALUAN — Dalam rangka memeriahkan Hari Ibu, Bidang Perempuan DPW PKS Sumbar mengadakan acara sarasehan dan penghargaan tokoh perempuan dari kalangan kader, dan simpatisan PKS di Gedung LKKS, Jalan Khatib Sulaiman, Padang. Penghargaan tokoh perempuan dari kalangan kader dan simpatisan diberikan kepada Zaitun, , Ketua Fraksi PKS DPRD Padang Pariaman, Yulizarwati, guru swasta dari Kota Padang Panjang, Zulhijani, anggota DPRD Sawahlunto Fraksi PKS, Sri Munarti, aktivis pemberdayaan ekonomi perempuan dari Solok Selatan, dan kepada komunitas POS Wanita Keadilan Bina Karya di Solok Selatan. Ketua Bidang Perempuan DPW PKS Sumbar, Daslinar mengatakan, pihaknya tidak sedang membuat dikotomi antara kader, simpatisan dan nonkader simpatisan. Semua ibu pada dasar memberikan inspirasi. “Kali ini kita ingin melihat ibu-ibu yang dekat dengan kita, dan sebetulnya memberikan inspirasi yang luar biasa. Kadang kita melihat yang terlalu jauh dan melupakan yang dekat. Yang dekat ini ingin kita tampilkan agar lebih mudah untuk mentauladaninya, kendati mungkin tidak seluar biasa tokoh-tokoh yang jauh yang sudah sering kita perbincangkan,” katanya. Sementara Ketua MPW PKS Sumbar Nurfirmanwansyah menegaskan kembali memang peran seorang ibu dalam rumah tangga, dan kehidupan secara luas sangat luar biasa. Bersama ayah, katanya ibu memainkan peran ganda sebagai istri dan ibu bagi anak-anak. Ada pula kadang Ibu yang membantu ekonomi keluarga, bekerja di sektor-sektor publik atau sebagai TKW sampai keluar negeri. Ibu-ibu yang seperti ini memang layak diberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Seharusnyalah peringatan Hari Ibu ini tidak hanya merupakan slogan belaka. Sementara banyak Ibu yang masih selalu terpinggirkan dan mengalami pelecahan yang terus-menerus. Acara memeriahkan Hari Ibu Bidang Perempuan DPW PKS Sumbar ini juga dimeriahkan oleh Tim Nasyid Insyaf Voice. (h/aci/rel)

Seperti Mencukur Jenggot

PADANG, HALUAN — Bunyi knalpot sepeda motor berdesing keras melawan malam yang dingin di depan eks Terminal Regional Bingkuang (TRB), Jalan By Pass, Padang. Jam menunjukkan pukul 02.00 WIB. Namun di sana, kehidupan baru saja dimulai. Meski kerap dirazia, nyatanya aksi itu tetap saja marak Dua motor melaju kencang disaksikan 50-an yang lain dari sisi jalan. Mereka berteriak. “Ayo..ayo, cepat..cepat.” Dua motor lagi mengikuti beradu kencang setelah yang pertama selesai. Hal itu berlangsung terus menerus. Balapan itu dilakukan remaja rata-rata berusia sekitar 19-an. Tanpa helm, bahkan ada yang motornya tanpa menggunakan lampu penerang. Namun, itu bukan penghalang bagi remajaremaja tersebut untuk saling memacu motornya. Tiba-tiba muncul truk melintas dengan kecepatan lambat. Ia melintas persis di tempat balapan dilakukan. Sopir membunyikan klakson berulang-ulang. Balapan sementara terhenti. Ada yang memaki-maki karena truk menganggu “keceriaan” mereka. Rizal (35), salah satu penjual makanan di sekitar lokasi tersebut mengaku tak heran. “Itu selalu berlangsung tiap minggu,” ujarnya. Ia biasanya dimulai sekitar pukul 24.00 WIB. Bahkan, ada yang dimulai di bawah jam tersebut. Menurutnya, sering ada kecelakaan tragis. Ia mengisahkan seorang pebalap liar yang ditabrak truk saat beradu kencang.

PERAYAAN TAHUN BARU

Tempat Hiburan Wajib Kantongi Izin

PADANG, HALUAN — Seluruh tempat hiburan yang ada di Kota Padang, wajib memiliki izin dalam menggelar acara pada malam pergantian tahun baru. “Bagi pengusaha tempat hiburan, baik tempat hiburan dewasa maupun hiburan umum tidak bisa seenaknya menggelar acara pada malam pergantian tahun baru, wajib ada mengantongi izin,” kata Kabag Operasional Polresta Padang, Kompol Ary Yuswan. Menurutnya, untuk memudahkan pengawasan serta pengamanan, kita memberlakukan izin acara pada tempat - tempat hiburan saat malam pergantian

HASWANDI

PEDAGANG kembang api di Pasar Raya Padang ini diperkirakan diburu pembeli saat pergantian tahun baru mendatang.

tahun. “Izin itu, tujuannya untuk memudahkan kita dalam melakukan pengawasan saat puncak acara hura - hura yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat,”katanya. Dia menambahkan, para pengusaha tempat hiburan, diwajibkan untuk melaporkan ke pihak kepolisian rencana acara yang akan digelar, sebelum mengantongi izin acara malam tahun baru. jenis acara pun dibedakan, mulai dari artis pendukung, apakah dari artis lokal, nasional atau luar negri. “ “Untuk mengantisipasi pengamanan, kita harus tahu rencana acara yang akan digelar pengelola hiburan yang ada di Kota Padang,” jelasnya. Polresta Padang nantinya bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dalam memberikan izin pada pengusaha hiburan. “Pengusaha hiburan selain mendapatkann izin dari Dinas Pariwisata juga harus mengantongi izin keramaian dari pihak kepolisian,”katanya. Menurutnya, pihaknya tidak akan segan - segan menertibkan tempat hiburan yang belum mengantongi izin saat menggela pergantian malam tahun baru. “Jika ada tempat hiburan tanpa dilengkapi izin saat tahun baru, akan kita tertibkan. Batas akhir pengurusan izin sampai tanggal 30 Desember 2011,”katanya. Selain dari tempat hiburan, sejumlah hotel yang ada di Kota Padang juga berencan akan menggelar acara pada malam pergantian tahun baru. “Kita akan menempatkan beberapa orang personel polisi tempat hiburan maupun hotel yang akan menggelar acara pada malam pergantian tahun baru,”katanya. (h/nas/ant)

“Kecelakaan bukan hal yang biasa lagi. Anehnya, itu tak menghalangi mereka untuk balapan,” tuturnya. Sekitar pukul 03.00 WIB, keadaan menjadi tak menentu. Remaja-remaja itu tak lagi berpacu dengan dua kendaraan, tapi melaju kencang tanpa arah, ke arah yang mereka sendiri tak peduli. Tak ada bunyi sirine polisi. “Cabut…” ada yang memberi komando. Ada yang berlari ke arah perlintasan Tabing-By Pass atau ke arah rumah sakit Siti Rahmah. Sekejap, tempat itu menjadi kosong. Seorang di antaranya Acis, meninggalkan motornya dan berlari ke arah rumah makan Rizal, sambil memesan nasi goreng. Menurutnya, ada yang memberitahu polisi datang. “Makanya kami lari,” tuturnya. Namun, hingga setengah jam kemudian, tak ada polisi yang datang. Tapi mereka sudah terlanjur memencar dan tak kembali lagi hingga pagi hari. Balapan seperti itu tak hanya berlangsung di eks TRB. Pada saat yang sama juga berlangsung di kawasan Khatib Sulaiman dan Pantai Padang. Di Khatib Sulaiman balapannya melibatkan lebih banyak orang. “Balapan di jalan Khatib Sulaiman sudah tradisi,” kata Acis yang mengaku pernah mencoba ‘lintasan’ tersebut. Hal itu, menurutnya, karena kondisi jalan yang lebih baik untuk dilakukan balapan dan ‘sirkuit’nya juga lebih panjang.

HASWANDI

NELAYAN – Beberapa perahu nelayan ditambatkan di kawasan Bungus Padang. Gelombang laut saat ini cukup tinggi, dan diharapkan kepada nelayan untuk mewaspadai gelombang tinggi jika tetap nekad melaut. “Rata-rata memang taruhan,” tuturnya. Keadaannya sama: ketika ada polisi mereka langsung kabur, tanpa peduli lagi dengan teman atau lawan. Dan, katanya, selalu pada hari Sabtu. Soal polisi, ia mengaku tak punya mata-mata. “Ada juga yang ketangkap saat razia,” katanya. Razia Tak Mempan Kasatlantas Polresta Padang, Kompol Andiyatna mengaatakan upaya penertiban balap liar sangat sering dilakukan. Pihaknya sering menggelar razia rutin, dan melaksanakan upaya preventif melalui sosialisasi ke sekolah-sekolah. Namun, usaha tersebut dinilai belum menampakkan hasil atau-

pun efek jera bagi pelaku aksi balap liar, setiap kali menggelar operasi setiap kali pula polisi menangkap orang yang sama. Padahal pihak kepolisian telah meningkatkan sanksi bagi pelaku yang sama. “Balap liar semakin marak dan tak pernah ada henti. Padahal selama kurun waktu 2011, pihak kepolisian telah mengamankan 800 lebih sepeda motor, dan 600 knalpot racing yang digunakan untuk balap liar,” kata Andiyatna. Kendati mengalami kekurangan personil dalam penertiban, Satlantas Polresta Padang akan terus menggelar razia terhadap aksi balap liar. “Selain meresah-

kan pengguna jalan, pemberantasan balap liar harus dilakukan guna menekan angka kecelakaan dan resiko kematian, serta aksi perjudian menjadi salah satu motivasi untuk melakukan balap liar,” ujarnya. Andiyatna juga meminta masyarakat khususnya orang tua untuk mengawasi anak, serta tidak memanjakan anak dengan sepeda motor, terutama bagi usia pelajar, karena hal tersebut dapat memicu keikutsertaan anak dalam aksi balap liar. “Ini harus diperhatikan oleh semua masyarakat, karena semua itu dimulai dari lingkungan keluarga,” tuturnya. (h/adk/nas)

Hanura Tolak Pembatasan Iklan Rokok

PADANG, HALUAN — Ketua DPD Partai Hanura Kota Padang Yendril secara tegas mengatakan partainya mendukung Perda kawasan tanpa rokok. Namun sebaliknya, Hanura menolak kebijakan untuk melakukan pembatasan terkait iklan dari produk rokok tersebut. Pernyataan tegas itu diutarakan Yendril yang juga Ketua Komisi III DPRD Kota Padang pada Haluan, Minggu (25/12). Kebijakan untuk pembatasan iklan rokok katanya, hanya akan membuat pendapatan daerah turun dan ini juga berkait dengan perekonomian masyarakat banyak. “Kita perlu beripikir bijak menyangkut Perda rokok tersebut. Mendukung program kesehatan yang diusung pemerintah, jelas harus dilakukan. Namun kita juga harus membuka mata berapa banyak pendapatan daerah yang akan hilang seandainya juga dilakukan pembatasan terhadap iklan rokok itu sendiri. Ini menurut saya tak bisa diabaikan begitu saja,” kata Yendril serius. Secara pribadi ataupun kepar-

taian, Yendril menyambut positif dengan lahirnya Perda Rokok. Sebab Perda tersebut menyangkut hajat hidup orang banyak untuk mendapatkan udara yang segar, sehat dan alami. Selain itu, dengan adanya Perda rokok, juga akan membuat tingkat kesehatan masyarakat meningkat. Secara umum, Perda yang sebenarnya lebih diarahkan pada generasi muda atau perokok pemula itu, menurut Yendril sudah merupakan sebuah kebijakan yang efektif dalam merealisasikan harapan semua pihak menjadikan Padang sebagai kota sehat. Selama ini menurut Yendril, selain cukup tingginya pendapatan yang diterima pemerintah dari iklan atau retribusi rokok, perusahaan-perusahaan rokok yang ada di Indonesia juga menyiapkan gerobak-gerobak rokok dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Nah seandainya pembatasan iklan dilakukan, ditakutkan gerobak-gerobak tempat berusaha masyarakat kecil itu nantinya

ditarik oleh perusahaan rokok yang menjadi sponsorship dari gerobak itu sendiri,” lanjutnya. Itulah antara lain yang membuat kami dari Hanura jauh-jauh hari menolak dilakukannya pembatasan iklan rokok. Karena, hal itu akan berdampak pada lini kehidupan masyarakat. Sementara itu ditempat terpisah, kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset, Syahrul mengatakan, penerimaan peme-

Warga Antusias Ikuti Jalan Santai

PADANG, HALUAN — Ribuan masyarakat Kota Padang mengikuti jalan santai yang menempuh jarak sekitar lima kilometer, Minggu (25/ 12). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka HUT ke-5 Partai Hanura. Para peserta dilepas Walikota Padang, Fauzi Bahar sekitar pukul 07.00. Acara ini juga

ATAKA Express COURIER & CARGO SERVICE

Lebih Cepat Lebih Baik

Jl. Teknologi Raya No. 104, Siteba Padang, Telp. (0751) 7871716, HP. 081374001716, FAX. (0751) 7056964

PENGIRIMAN DOKUMEN, PAKET & CARGO (Melayani Lokal & Dpmestik ke Seluruh Wilayah Nusantara) Catt : Jemput Antar Alamat JASA PINDAH RUMAH/KOST, PINDAH KANTOR/TOKO/BARANG (Dalam / Luar Kota di Nusantara) EKSPEDISI (PENGANGKUTAN BARANG) Sumatera-Jawa/Nusantara PENGEPAKAN (PACKING) & PENYEDIA ARMADA ANGKUTAN (TRUCKING) AKTIS MURAH, PR CITY COURIER (Pengiriman Dalam Kota; Paket & Dokumen, Billing Statement, AHABAT Kartu Kredit, Brosur, Undangan, dll. DAN BERS Cabang/Outlet ZATAKA : PADANG, Cengkeh : (0751) 775824, Simp. Tinju Lapai : (0751) 7809336, HP. 081320551548 DUKU : (0751) 484169, HP 081374883322, BUKITTINGGI : (0752) 7001516, HP. 081363573535, SOLOK : (0755) 22050, HP. 085274022811, PAINAN : (0756) 22473, HP. 08126745508, MUARO Sjj : (0754) 20250, HP.081374632998, MUARA LABUH : (0755) 70592, HP. 081363814593, Simp. Empat Pasaman : HP. 085263008432, 081363321678, Pulau Punjung : (0754) 40042, HP. 081374044040, Jambi : (0741) 21545, HP. 081927513593, Sungai Penuh : (0748) 323725, JAKARTA : (021) 8608003, 93443910, HP. 0811868308, Pekanbaru : (0761) 5522788, 085271945100 dan Agen/Outlet kami di kota anda

menambah ukuran permanen

TOKO CENTRAL

0751-850 0066 - 0812 8333 5222

Jl. Khatib Sulaiman No. 24 (Depan STIKES INDONESIA/100m sebelum Masjid Agung Sumbar

rintah dari iklan dan reklame perusahaan rokok mencapai 3040 persen dari total retribusi yang didapat. Seandainya pembatasan itu dilakukan, tentu konsekwensinya adalah turunnya penerimaan daerah secara signifikan. “Itu memang sebuah konsekwensi logis, namun kalau memang itu telah menjadi sebuah kebijakan daerah, DPKA siap melaksanakannya,” kata Syahrul pula. (h/ted)

dimeriahkan dengan hiburan dari Favorit Musik, dengan menggunakan truk terbuka dan mengiringi para peserta dari star sampai finis. “Dengan adanya kegiatan jalan santai ini warga Padang juga bisa lebih sehat, dan semoga Hanura selalu ada di hati masyarakat,” kata Fauzi Bahar dalam sambutannya Sementara Ketua DPD Hanura Sumbar, M. Tauhid mengatakan, dengan adanya acara HUT ini, silatrurahmi antara sesama kader Hanura, dan masyarakat juga akan selalu terbina dengan baik. “Selain ajang silaturahim, ini juga merupakan wadah komunikasi antara masyarakat dengan Hanura, dan saya sangat mendukung kegiatan ini, serta mudah-mudahan ini bisa berlanjut,” kata Tauhid. Sementara Ketua DPC Hanura Kota Padang, Yendril menyebutkan, kegiatan gerak jalan santai ini dilakukan guna mempersiapkan kesiapan fisik, dan juga menumbuhkan kembali semangat berolahraga kepada masyarakat Kota Padang dan juga kader Hanura. “Ini merupakan kegiatan positif, selain dapat menyehatkan badan kita juga mendapat door prize,” katanya. Gerak jalan santai itu dimulai dari Kantor DPD Hanura di Jalan Mahakam, diteruskan ke kawasan GOR, Jalan Veteran, dan kembali lagi ke Jalan Mahakam. (h/nas)

P A D A N G 15

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

HASWANDI

TPA/MDA Nurul Yaqin Khatam Alquran PADANG, HALUAN — Sebanyak 34 murid TPA/MDA Masjid Nurul Yaqin, Belanti, Padang Utara mengikuti khatam Alquran Minggu, (25/12). salah satu seremonial yang diikuti para peserta adalah diarak keliling kelurahan. Tujuannya untuk memperlihatkan pada masyarakat dan mensiarkan agama Islam. “Dengan begitu, masyarakat yang melihat, terpancing untuk lebih giat lagi membaca Alquran, dan memahami isi kandungannya,” kata Dapit Amril, Ketua Panitia Khatam Alquran itu. Ial menambahkan, dengan adanya arak-arakan qatam Alquran ini membuat semangat masyarakat untuk membaca, dan memahami Alquran kian tumbuh. Apalagi yang menamatkan Alquran ini para murid SD. “Setelah khatam, kita harapkan ada semangat mengaji bagi masyarakat sekitar. Tidak lagi anak sekolah, masyarakat umum yang berada disekitar masjid ikut mengaji dan menyemarakkan masjid dengan lantunan ayat suci,” ujarnya. (h/yat)

MINYAK TANAH – Seorang anak menenteng jerigen saat akan membeli minyak tanah di kawasan Lapai Padang. Saat ini, kebutuhan minyak tanah di Kota Padang masih tinggi, sementara stok yang ada kian menipis.

REALISASI PENDAPATAN DAERAH

Hanya Dua SKPD Capai Target TARGET DAN REALISASI PENDAPATAN Nama Instansi Dinas Kesehatan RSUD TRTB Dishub Dinas Keb & Per Disdukcapil Disdamkar Dispora Sekretariat Daerah DPKA Diskominfo DP2K Disbudpar Dinas Kel & Peri Disperindagtamben Dinas Pasar Bagian Perekonomian

Target Rp5.572.563.950 Rp3.960.318.683 Rp7.851.000.000 Rp7.629.066.000 Rp4.310.000.000 Rp700.000.000 Rp82.350.000 Rp1.000.000.000 Rp1.500.000.000 Rp1.239.650.180.234 Rp3.300.000 Rp300.015.000 Rp500.750.000 Rp146.000.000 Rp22.020.000 Rp6.954.683.080 Rp1.550.000.000

Realisasi Rp2.773.145.991 Rp3.846.156.214 Rp7.838.443.870 Rp4.115.295.220 Rp2.994.040.750 Rp800.202.500 Rp42.510.000 Rp551.852.500 Rp518.936.500 Rp1.103.483.052.991 Rp1.600.000 Rp269.043.500 Rp250.670.500 Rp34.780.000 Rp22.380.000 Rp2.446.789.199 Rp518.936.500

Persen 49,76 97,13 99,84 53,94 69,47 114,31 51,62 55,19 33,48 89,02 48,48 89,68 50,06 23,82 101,63 35,18 33,48

Total

Rp1.280.232.247.037

Rp1.129.988.899.735

88,26

PADANG, HALUAN — Dari 17 SKPD yang ditugasi menghimpun pemasukan bagi kas daerah, ternyata hanya dua instansi saja yang memenuhi target. Dua SKPD tersebut masingmasing Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta Dinas

PADANG, HALUAN — Lembaga Pengkajian Pangan Obatobatan dan Makanan (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat menganjurkan agar usaha restoran, dan rumah makan memiliki sertifikat halal. “Kita menganjurkan setiap restoran dan rumah makan di Sumatera Barat sudah seharusnya memiliki sertifikat halal dari LPPOM MUI, guna

Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi saja yang capaian penerimaannya

di atas 100 persen. Parahnya enam di antaranya tak mencapai angka 50 persen. Jika statemen Walikota Padang, Fauzi Bahar beberapa waktu lalu yang hanya mentolerir kinerja penerimaan minimal 12,50 persen di bawah target 100 persen atau 87,50 persen maka hampir dipas-

tikan 11 pimpinan SKPD akan tergusur dari posisinya saat ini. “Angka 88,26 persen adalah angka yang kami himpun hingga 16 Desember 2011 lalu. Namun hampir dipastikan, kalaupun ada peningkatan jumlahnya tidak akan signifikan,” kata Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Kota Padang, Syahrul pada Haluan, Minggu (25/12). Menurutnya, tidak maksimalnya realisasi penerimaan yang dilakukan SKPD yang mendapat mandat untuk mengumpulkannya, bukan hanya disebabkan karena gagalnya instansi bersangkutan dalam pelaksanaan di lapangan, namun juga disebabkan faktor lainnya. Akan tetapi, dengan kisaran persentase penghimpunan yang melebihi target minimal yang ditetapkan walikota, menurut Syahrul kinerja SKPD penghimpun penerimaan daerah telah cukup optimal. Menyangkut capaian penerimaan dari sejumlah SKPD yang belum maksimal tersebut,

LPPOM MUI Anjurkan Rumah Makan Bersertifikasi Halal meningkatkan jaminan mutu dan kualitas produk,” kata Direktur LPPOM MUI Sumbar Antoni Asdi, Sabtu (24/12) Menurutnya, sertifikasi halal sangat menunjang angka pemasaran produk usaha yang bukan saja akan di kenal di kawasan lokal, namun dapat dikenal hingga luar daerah. Meski pada umumnya tidak ada kekhawatiran dari masyarakat lokal di Sumbar terhadap

kualitas makan di rumah makan, namun seyogyanya jaminan mutu produk juga dibuktikan dari sertifikat halal. Sertifikat halal itu katanya, memberi jaminan kualitas secara sar’i bagi masyarakat beragama Islam. Dari sisi Islam, tentunya produk olahan daging harus terjamin kehalalannya, yang bukan saja dari jenis hewan namun juga cara penyembelihannya. Fi Sumbar saat ini baru tiga restoran dan rumah makan yang telah memiliki sertifikat halal, yaitu Sate Mak Sukur, rumah makan Pak Datuak dan rumah makan Dede. Ketiga usaha makanan itu berada di Kota Padang Panjang,” katanya. Untuk mendapatkan sertifikat halal, UKM dengan produk olahannya terutama yang memanfaatkan bahan dasar daging harus membeli daging dari rumah potong hewan (RPH)

yang juga telah memiliki sertifikat halal. Selain itu, katanya lagi, LPPOM akan menguji bagaimana proses pengolahannya hingga isajikan menjadi produk olahan daging. Ia juga menyayangkan, hingga saat ini, RPH dengan sertifikat halal di Sumbar baru tiga RPH, yang berada di Kota Bukittinggi, Padang Panjang dan Padang. Dari sekitar 8.000 UKM lebih di Sumbar, hingga saat ini baru 420 UKM yang telah memiliki sertifikasi halal sejak tahun 2001. Hal itu akan menyebabkan tingkat penjualan produk sulit berkembang, sedangkan UKM di Sumbar cukup potensial untuk pasar regional. Untuk menghilangkan keraguan masyarakat di Sumbar yang mayoritas Islam, produk UKM selain dengan mutu dan

Ketua DPRD Kota Padang, Zulherman mengatakan semuanya dipulangkan kepada Walikota Padang. Karena bagaimanapun yang mengangkat pimpinan SKPD bersangkutan adalah kepala daerah. Akan tetapi, seyogyanya menurut Zulherman, walikota memberikan sanksi kepada pimpinan SKPD yang capaian penerimaannya tidak maksimal. Jika tidak, ini akan menjadi preseden buruk bagi SKPD untuk tidak bekerja maksimal. “Selain itu, saya berharap Komisi II DPRD Padang memanggil pimpinan SKPD yang instansinya gagal mencapai target penerimaan maksimal. Kapan perlu, Komisi II merekomendasikan sanksi bagi mereka melalui walikota,” tuturnya. Tidak maksimalnya penerimaan daerah menurut Zulherman akan berdampak pada pelaksanaan program kegiatan tahun 2012. Untuk itu, walikota harus bisa mengambil sikap menyangkut kegagalan sejumlah stafnya tersebut. (h/ted)

kemasan yang bagus, namun sangat penting diberi label halal dari LPPOM MUI.

Kunjungan Wisatawan Minim

PADANG, HALUAN —Sebagai satu dari sepuluh destinasi wisata unggulan, Sumatera Barat pantas mendapat limpahan kunjungan dari wisatawan. Dan Kota Padang sebagai ibu kota daerah harus bisa menjadi daerah kunjungan wisata unggulan tersebut. Namun sayang, dari idealnya 4 juta wisatawan per tahun, Kota Padang tahun ini hanya dikunjungi sekitar 2.000 wisatawan saja. “Jika semua sarana prasarana pendukung disiapkan dan masyarakat siap menerima kunjungan wisatawan, maka Kota Padang setidaknya bisa dikunjungi sebanyak 4 juta wisatawan,” kata Kadis Pariwisata dan Budaya Kota Padang, Edi Hasymi pada Haluan, Minggu (25/12). Pembenahan objek pariwisata menurut Edi tidak akan berarti apa-apa seandainya tidak ada kesiapan dari seluruh elemen masyarakat dan juga pemerintah daerah dalam melaksanakannya. Apalagi untuk objek, nilainya hanya mencapai 40 persen dari daya tarik sebuah destinasi wisata. Semua pihak kata Edi, harus memiliki komitmen yang sama dalam mewujudkan keinginan tersebut. Semuanya jangan hanya disandarkan kepada pemerintah daerah dan pelaku wisata. Sebab, tanpa adanya komit-

men dan dukungan yang serius maka sulit untuk menjaring wisatawan dalam jumlah besar ke Kota Padang. Secara umum, menurut Edi Hasymi wisatawan bisa betah di sebuah daerah jika daerah bersangkutan bisa memberikan garansi rasa aman, nyaman, tenang dan tentunya juga didukung dengan infrastruktur yang memadai. “Mulai dari bandara hingga objek wisata harus ada pembenahan secara sistematis dan terstruktur. Misalnya bagaimana armada taksi bisa meneruskan layanan dari bandara, begitu pun dengan penginapan yang representatif. Kalau ketiga komponen ini telah dipenuhi, maka tinggal membenahi objek pendukung lainnya,” imbuhnya. Saat ditanya kapan jumlah kunjungan ideal itu bisa didapatkan Kota Padang, Edi Hasymi tak bisa memastikan. Menurutnya bisa tercapai dalam waktu dekat, namun sebaliknya bisa pula dalam jangka waktu yang sangat panjang. “Kapan waktunya, menurut saya relatif. Yang penting saat ini pemerintah dan masyarakat serta pelaku wisata bisa mewujudkan komitmen bersama dalam pengembangan sektor pariwisata Kota Padang,” katanya berdiplomasi. (h/ted)

HASWANDI

UNTUK menunggu penumpang, beberapa bendi diparkirkan di Jalan Sandang Pangan Padang. Pemko Padang sebaiknya mulai memikirkan pembuatan terminal bendi, agar Pasar Raya Padang tetap tertib.

PANTI SOSIAL

Daftar Tunggu Masih Jadi Persoalan

HASWANDI

SEORANG pengrajin di Lubuk Begalung Padang, membuat kursi rotan di dalam rumahnya. Saat libur kerja, sejumlah para pengrajin tetap melakukan rutinitasnya seperti biasa.

PADANG, HALUAN —Terbatasnya sarana dan prasarana, serta anggaran pembinaan yang diposkan pemerintah pada setiap panti sosial, masih menjadi persoalan bagi masyarakat. Akibatnya, banyak calon penghuni atau kelayan panti yang terpaksa masuk daftar tunggu agar mereka bisa mendapatkan pembinaan, dan pendidikan di panti-panti sosial yang dimiliki pemerintah daerah. Meskipun setiap tahun selalu ada program terminasi atau wisuda bagi penghuni panti sosial yang telah menyelesaikan

pendidikan, namun jumlahnya sangat sedikit, dan tidak sebanding dengan jumlah calon kelayan yang ngantri di daftar tunggu. “Inilah sebenarnya yang menjadi persoalan bagi pemerintah daerah, kami sebenarnya sangat ingin memasukkan anggota masyarakat yang mengalami kecacatan ke dalam panti-panti sosial yang kami bina. Namun keterbatasan anggaran dan sarana pendukung, menjadi persoalan baru yang sangat sulit diatasi,” kata Kabid Pelayanan dan Reha-

bilitasi Sosial pada Dinas Sosial Sumbar, Estie Pratiwi pada Haluan, Minggu (25/12). Pernyataan Estie, dikuatkan dengan fakta di lapangan yang bisa membenarkannya. Misalnya Panti sosial Bina Grahita Harapan Ibu Kalumbuk Padang, yang hanya bisa menterminasi tak sampai 10 kelayannya per tahun. Padahal anggota masyarakat yang mengalami kecacatan yang masuk kategori tuna grahita cukup banyak. “Tahun ini kami hanya bisa menterminasi sebanyak empat kelayan saja dari tujuh yang

kami usulkan. Jumlah ini memang sangat sedikit, namun kami tak bisa berbuat banyak karena yang menjadi acuan kelulusan adalah kemampuan dari kelayan itu sendiri,” kata kepala UPTD PSBGHI Syukri. Keempat kelayan tersebut akan diterminasi bersamaan dengan 12 kelayan dari PSBN Tuah Sakato pada 28 Desember 2011 mendatang di aula panti bersangkutan. “Memang untuk menterminasi kelayan panti sosial tidak semudah membalik telapak tangan. Bagi kami yang

terpenting bukan kuantitas kelayan yang dihasilkan, namun lebih difokuskan pada kualitas dari calon kelayan yang akan diterminasi itu sendiri,” kata Heni Yunida, kepala UPTD PSBN Tuah Sakato menambahkan. Walaupun out put dalam bentuk terminasi penghuni panti sangat terbatas, namun program tersebut tetap harus dilakukan setiap tahun, karena pemerintah perlu pula menunjukkan kepada publik hasil pembinaan dan pendidikan yang diberikan kepada penghuni panti selama ini. (h/ted)

16

PA D A N G PA N J A N G Serambi Mekah

Wartawan Diminta Awasi Kinerja Pemerintah

LINGKAR Siswa SLTA Ikut Pelatihan Jurnalistik PADANG PANJANG, HALUAN — Bagian Humas Kota Padang Panjang menggelar Pelatihan Jurnalistik Sehari bagi OSIS SLTA se Kota Padang Panjang di lantai III Balaikota Silaing Bawah, Jumat lalu. Pembekalan ilmu kewartawanan ini diikuti 50 orang. Masing-masing sekolah mengutus 5 orang wakilnya. Kegiatan dibuka oleh Kabag Humas Ampera Salim. Ampera Salim mengatakan, pelatihan jurnalistik diberikan sebagai pembekalan bagi siswa mengenal ilmu tentang jurnalistik untuk menambah wawasan diri agar mereka bisa menulis. “Walaupun pelatihan jurnalistik ini baru sebatas memperkenalkan dasar-dasar jurnalistik pada para siswa, namun antusias peserta cukup tinggi. Tahun depan kegiatan ini akan dilaksanakan lagi,” ujarnya. Tampil sebagai pemateri dalam pelatihan itu Iwan Dn (Haluan), Novrizal (ANTV), Firdaus (Pimred Rakyat Sumbar/Padek), Bustami Narda (wartawan/penulis buku), Alri Pamuntjak (sutradara/ TVRI Sumbar) dan Muhammad Subhan (wartawan/novelis). Iwan Dn memaparkan tentang pentingnya mengenal ilmu jurnalistik sebagai bagian dari ilmu komunikasi. Banyak pihak yang mampu dan lantang berbicara namun sulit mereka menuliskannya dalam bentuk tulisan yang mudah dipahami. “Orang yang menguasai komunikasi akan menguasai dunia, dan kunci keberhasilan itu adalah selalu membaca. Bacalah apa saja, suatu saat akan ada gunanya,” kata Iwan, kepada peserta pelatihan. Dalam pelatihan itu juga disajikan materi yang mengupas tentang majalah dinding (mading), media komunikasi termurah untuk menyampaikan berbagai informasi antar pihak dalam lingkup tertentu. Disebutkan, mading mampu melatih kecerdasan menulis bagi pemula sekaligus sebagai media informasi di lingkungan tertentu. Prinsip dasarnya hampir sama dengan majalah berisikan berita, informasi, karikatur, karya tulis, cerita bergambar dan teka-teki silang serta hiburan. Dalam kesempatan itu juga disampaikan tentang teknis penulisan mading, yang sama dengan penulisan berita di mana harus memenuhi kaidah 5 W+ 1H yaitu, apa (what), siapa (who), di mana (where), kapan (when), mengapa (why) dan bagaimana kejadiannya (how). (h/son)

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

PADANG PANJANG, HALUAN — Ketua DPRD Kota Padang Panjang Novi Hendri meminta wartawan media massa, baik cetak maupun elektronik yang bertugas di daerah itu, untuk selalu memberikan masukan dan melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintahan. “Banyak aspirasi warga yang tidak sampai ke DPRD Padang Panjang, di sisi lain karena tugas yang padat membuat DPRD tidak bisa mengawasi dan menampung semua aspirasi, sehingga kita membutuhkan peran aktif wartawan media massa dalam melakukan pengawasan,” kata Novi Hendri kepada wartawan di Padang Panjang, Jumat. Ia mengatakan, permintaan tersebut mengingat keterbatasan waktu dalam mengakomodir seluruh kebutuhan dan pengaduan masyarakat terkait realisasi setiap program pemerintah daerah. “Rekan-rekan wartawan lebih sering berada di lapangan, jadi tidak salah kalau kita meminta masukan dalam melakukan pengawasan serta mengakomodir setiap kebutuhan yang belum tersentuh,” katanya. Ia menyebutkan, bermitra dengan insan media sangat dibutuhkan demi terciptanya pembangunan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat. “Adanya peran serta insan media dalam mendukung setiap program untuk masyarakat merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan suatu daerah,” katanya. Selain masukan dari media, pihak legislatif sendiri, kata dia, juga melakukan pengawasan dan menghimpun setiap keluhan yang datang dari masyarakat. “Kita sendiri di legislatif juga melakukan pengawasan, namun akan lebih maksimal kalau ada peran serta dari berbagai elemen termasuk insan pers,” katanya. (ant)

HASWANDI

PESANTREN terpadu Serambi Mekkah berdiri megah di Jalan Ahmad Yani Kota Padang Panjang.

ANTARA

GANDANG TAMBUA —Mahasiswa ISI (Institut Seni Indonesia) memainkan musik tradisional “Gandang Tambua” pada Dies Natalis ISI Padang Panjang di Kota Padang Panjang, Sumbar, Rabu (21/12). Diesnatalis tersebut dimeriahkan sejumlah pertunjukan seni dan ketrampilan mahasiswa.

Pengurus Masjid dan Musala Diberi Reward PADANG PANJANG, HALUAN — Dalam rangka memperingati tahun baru Hijriyah 1433 H, HUT Kota Padang Panjang ke 221 dan Milad I Markas Dakwah Yayasan Permata Ummat Padang Panjang, digelar seminar sehari dan pemberian Muharam Reward, bagi pengurus masjid dan musala se Kota Padang Panjang. Milad ke-I Markas Dakwah Yayasaan Permata Ummat, berlangsung di Gedung M Syafei, Sabtu (24/12). Kegiatan milad yang dihadiri Wakil Wali Kota Padang Panjang Edwin, Kapolres Syofyan Hidayat dan ratusan undangan yang memadati Gedung M Syafei pagi itu. Kegiatan dimulai dengan lomba menggambar tingkat PAUD/ TK se Kota Padang Panjang. Pada siang harinya baru dilaksanakan seminar nasional dengan tema “Peran Pendidikan dalam Membangun Kepribadian Remaja yang

Berprestasi dan Berakhlak Mulia”, dengan pembicara Tifatul Sembiring (Menteri Komunikasi dan Informatika), Irwan Prayitno (Gubernur Sumatera Barat), Suir Syam (Walikota Padang Panjang) dan Fauziah Fauzan. Ketua Yayasan Cahaya Permata Ummat Nasrul di sela-sela acara mengatakan, peringatan milad ini untuk meningkatkan peran serta markas dakwah dalam menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar di era global. Selain itu juga untuk melestarikan seni budaya luhur bangsa Indonesia dan menjadikannya sebagai media dakwah, sekaligus sebagai ajang pengkajian nilainilai Islam yang berdasarkan Alquran dan sunnah. “Milad Muhammadiyah ke-1 bertujuan, membangun karakter umat dan bangsa yang humanis dan berkemajuan. Momentum tersebut

dijadikan untuk melakukan perenungan terhadap keberadaan dan kiprah Yayasan Permata Ummat di Kota Serambi, sekaligus memberikan sedikit reward untuk orang telah berjasa dalam menyiarkan agama di Kota Padang Panjang ini,” ujar politikus PKS ini. Wawako Edwin menyambut baik pelaksaan milad ke I Yayasan Permata Ummat ini, sebagai salah satu upaya peningkatkan rasa persatuan dan kesatuan umat, sekaligus menjadikan Kota Padang Panjang sebagai daerah yang agamais, sesuai tuntunan agama Islam dengan konsepnya yang jelas.”Kehadiran Yayasan Cahaya Permata Ummat, sangat diharapakan dalam aspek penting sesuai program dan sharing dalam mengisi pembangunan di daerah. Kita berharap agar yayasan dapat berbuat lebih banyak dalam acara sosial ini,” ujar Edwin. (h/son)

NE W

NE W

V21

V7

V79

V59

Dapatkan di : AUTHORIZED DEALER : THEO Cell Padang : JAYA Phone, LORUS Cell, HENDRA Ponsel. Bukittinggi : MUTIARA BARU Seluler, IGUANA Cell, ID Phone, Payakumbuh : ISTANA Ponsel, BENTENG Cell. Solok : HENDRA Ponsel, BUANA Cell, RATU PRIMA Cell, SINAR GIGI Cell. Pasaman : OZON Pasaman. Muara Labuh : HOMESTAY, PUJA Cell,

Dharmasraya : CENDRAWASIH Cell.

Sawahlunto : Alahan Panjang : SARI Cell

RAJA Shop,

Marissa Nasution

Website : www.virtu-v.com, info: info@virtu-v.com, fanspage: Virtuv V, Twitter: @virtuvindonesia

CV. BUDDY SUMUR BOR

CV. SAROHA ELEKTRONIK

Rp.9 Jt

Rp.13 Jt

Rp.6 Jt

Syarat ketentuan berlaku

AYO BURUAN!!!

Kalau bisa pakai PVC, Ngapain pakai besi Atau Rp. 1,5 Jt per batang (Pipa Gyp)

Hub : CV. BUDDY SUMUR BOR Komp. Gando Permata Cendana Mata Air Blok F No. 04 Padang (Depan Lapangan Voly) Gando Permata Telp. (0751) 765601 HP. (0751) 8212111, HP. 081266015111

PUSAT GIPSUM

Jl. Alai Timur No.77 Ampang Padang Telp. (0751) 40874

Sekarang paket air bersih ada pilihan

PRODUKSI, DISTRIBUTOR, PAPAN GIPSUM

Rangka Metal, Asesoris, Lis Profil Melayani Siap Pasang Dalam/Luar Kota HUBUNGI GIPSUM :

Melayani : PENJUALAN PEMASANGAN TUKAR TAMBAH PERBAIKAN BONGKAR PASANG SERVIS RENTAL AC

= = = = = = =

AC KULKAS KIPAS ANGIN DISPENSER AIR PANAS Semua Merk Baru & Bekas

Jl. Andalas No. 7 Simp. Haru - Padang Telp.38555, 38573 Jl. By Pass Baru Km 9,5 No. 2 Padang Telp. 495411, 499262

NUSANTARA AC Jl. Gajah Mada (Simp Tinju) Padang Telp. (0751) 7711802 Mengerjakan / Menjual :

Service Resmi Elektroluc Wilayah Sumbar

- Isi Freon AC Mobil - Spare Part - Service Perbaikan - Pemasangan Bekas / Baru

ADEK : 08126752801

Iklan Baris

Smart

Rp. 20.000,- / terbit

%

Kredit

3,9 / 1 th / Jw 5 th

SISKA.R

Avanza Innova Fortuner Yaris Vios Dyna

08116619781 0751-7847106

=

ELEKTRONIK

= KEHILANGAN

STNK : BA 6725 HC, 1 buah SIM C, 1 lembar KTP, 1 buah kartu ATM Bank Mandiri, 1 buah kartu ATM Bank Mandiri Syariah, 1 buah kartu ATM Bank Nagari, 1 buah kartu ASKES, 1 buah kartu FKMD, 1 buah kartu kredit Bank BNI 46 An. Zaimahzul. Hilang di sekitar kota Padang. Bagi yang menemukan harap lapor ke pos polisi terdekat.

KOMPUTER ALAT KOMUNIKASI FASHION = BIRO JASA = RUPA RUPA = INFO BISNIS =

Pasang Iklan Anda disini ...

=

KOMPLEK BANDARA TABING, JL. HAMKA PADANG Telp. (0751) 4488700 - 703, Fax. (0751) 4488704 Email Divisi Iklan : iklan_haluan@yahoo.com

=

DIJUAL : SHM, Luas 7.000m2, Lokasi Gurun Laweh Kalumbuk Kec. Nanggalo. ada Rumah & Durian Unggul Nasional. Hub : HP. 08126708098 temukan juga e-paper kami di

www.harianhaluan.com

Otomotif

sahabat informasi online ANDA

Pasang Iklan Anda disini ... KOMPLEK BANDARA TABING, JL. HAMKA PADANG Telp. (0751) 4488700 - 703, Fax. (0751) 4488704 Email Divisi Iklan : iklan_haluan@yahoo.com

JADIKAN KAMI RUANG PROMOSI YANG TEPAT UNTUK USAHA ANDA

TOYOTA PROMO AKHIR TAHUN DISCOUNT !!!

=

= OTOMOTIF

karena kami adalah SAHABAT anda ...

791

Hubungi kami di : KOMP. BANDARA TABING, JL. HAMKA PADANG. TELP. (0751) 4488700 - 3, FAX. (0751) 4488704 email : iklan_haluan@yahoo.com

PINDAH PRAKTEK

dr. WIDYA,Sp.KK Pindah ke : Jl. Seberang Padang Utara I No.4 RT.03 RW.I Padang LOKASI

RS. Tentara Jl. Proklamasi

Smart

= PROPERTI

Iklan Baris Rp. 20.000,- / terbit

Klinik Griya Satya

EKONOMI DAN BISNIS 17

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

BISNIS TELEVISI SATELIT MAKIN BERKEMBANG

LINGKAR

PT Mazaya Inti Prima Tingkatkan Mutu untuk Pelanggan

HUMAS BANK NAGARI

DIREKTUR Utama Bank Nagari Suryadi Asmi saling bertukar cenderamata dengan Direktur Pelayanan Jamsostek Joko Sungkono

Bank Nagari Kerjasama dengan Jamsostek PADANG, HALUAN — Dalam waktu dekat, Bank Nagari akan membantu sosialisasi jasa perbankan Bank Nagari kepada peserta/ nasabah Jamsostek. Hal tersebut dituangkan dalam MoU antara PT Jamsostek (Persero) dengan Bank Nagari, tentang Sosialisasi Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja dan Jasa Perbankan, di Pangerans Beach Hotel, Jumat (23/12) lalu. Dalam siaran pers yang diterima Haluan Minggu (25/12), Humas Bank Nagari Idrianis menyebutkan MoU tersebut ditandatangani oleh PPs Kanwil Jamsostek Medan, Banjar Aseli dan Direktur Utama Bank Nagari Suryadi Asmi, disaksikan oleh Direktur Pelayanan PT Jamsostek (Persero) Joko Sungkono. Menurut Suryadi, sebelum ini Bank Nagari telah mengelola sekitar 17 ribu nasabah pensiunan PT Taspen (persero) atau hampir 30 persen dari total penerima dana pensiun di Sumatera Barat yang jumlahnya mencapai 66 ribu orang. “Total penempatan dana pensiunan PT Taspen (Persero) di Bank Nagari tersebut mencapai Rp34 miliar per bulannya,” ujar Suryadi. “Sekarang, dengan adanya kerjasama dengan PT Jamsostek ini, diharapkan akan semakin banyak peserta Jamsostek yang menggunakan Bank Nagari sebagai bank tempat mereka menabung,” tambahnya. (h/atv)

PADANG, HALUAN — Seiring dengan makin meningkatnya pelanggan televisi satelit di Sumbar, peluang bisnis ini pun makin berkembang. Salah satunya, adalah Telkom Vision yang makin mengukuhkan keberadaannya di Sumbar, khususnya di Kota Padang.

Hal itu ditandai dengan diresmikannya Kantor PT Mazaya

Inti Prima, Jalan S. Parman, Kecamatan Padang Utara, Kota

Padang, yang bergerak di bidang televisi satelit oleh Direktur Utama TelkomVision Pusat Elvizar KH, Sabtu (24/12) siang. Sebelum menjadi PT tersebut, dulu adalah CV. Mutiara Perdana Abadi yang begerak di bidang penjualan TV kabel dan satelit, kini menjadi PT. Mazaya Inti Prima. Elvizar KH mengatakan, saat

NASRIZAL

GUNTING PITA — Direktur Utama TelkomVision Pusat Elvizar KH, menggunting pita tanda diresmikannya Kantor PT. Mazaya Inti Prima, Jalan S. Parman, yang bergerak di bidang televisi satelit, Sabtu (24/12) siang.

ini pihaknya akan meningkatkan penjualan di setiap provinsi yang ada di Indonesia khususnya di Sumbar, serta meningkatkan pelayanan dan mutu produknya. Tahun 2011 ini saja, TelkomVision menjadi contact server nomor satu di Indonesia, dan pelayanan nomor satu di Indonesia. “Kami tetap mempertahankan pelayanan serta mutu produk kepada setiap konsumen, bulan Desember saja kami berhasil menjual 200 ribu produk dari berbagai segmen yang ada di produk kami,” kata Elvizar. Dijelaskannya, TelkomVision ini adalah anak perusahaan dari Telkom yang bergerak di bidang TV kabel, satelit, dan IV-TV. Kemudian untuk target tahun mendatang pihaknya akan meningkatkan dan menambah pelanggan sebanyak 2,5 juta pelanggan yang ada di seluruh Indonesia dan khususnya di Sumbar. “Kepercayaan konsumen kepada produk TelkomVision meningkat. Ini dibuktikannya dengan adanya peningkatan pelanggan yang mencapai satu pelanggan di seluruh Indonesia. Untuk skala nasional kami telah bisa menguasai pasaran, untuk kedepan kami akan menguasai pasaran se-Asia Tenggara. Untuk menguasai pasaran Asia tenggara, kami harus kuat dan kompak setiap mitra yang ada di provinsi

Indonesia serta di Asia tenggara itu sendiri,” harapnya. Sementara itu Owner PT. Mazaya Inti Prima, Mas Eruci mengatakan, untuk wilayah Sumbar pelanggan telah mencapai sebanyak 4000 pelanggan yang ada di seluruh Sumbar. Saat ini pihaknya akan terus meningkatkan pelanggan yang ada di Sumbar dengan cara menyebarkan outlet atau cabang yang di kabupaten maupun kota di Sumbar. “Tahun ini kami telah mengumpulkan sebanyak 4500 pelanggan. Itu semua tidak terlepas dari kekompakan karyawan serta outlet atau cabang yang ada di Sumbar, saat ini kami telah mempunyai outlet di Sumbar sebanyak 40 yang tersebar di seluruh Sumbar,” kata Mas. Dikatakannya, pada tahun 2012 mendatang pihaknya akan meningkatkan pelanggan sebanyak 300 pelanggan dalam satu bulan. Sebab, dulu pelanggan susah saat melakukan pembayaran tagihan, karena hanya bisa di bayar melalui Telkom saja. Saat ini pelanggan bisa melakukan pembayaran di kantor PT. Mazaya Inti Prima, serta juga bisa di oulet yang ada tersebar di Sumbar, melalui ATM, dan kantor pos. “Dengan adanya pelayanan yang baik, maka mudah-mudahan untuk kedepannya pelanggan akan meningkat,” harapnya. (h/nas)

Gerai Olimart Pasundan Motor Diresmikan PAYAKUMBUH, HALUAN — Puluhan jaringan dan konsumen Pertamina, menyesaki peresmian Gerai Olimart Pasundan Motor di Jalan Soekarno Hatta 99 Payakumbuh, Sabtu (24/12). Sales Region I Manager Pertamina Lubricants Ibnu Prakoso menggunting pita tanda diresmikannya ourlet pelumas resmi dan asli Pertamina itu. “Kita Untung, Bangsa Untung,” sebagaimana tagline HUT Pertamina ke-54, 10 Desember lalu berkali disebutsebut dengan membeli produkproduk asli Pertamina. Termasuk oli mobil di Olimart ini. Ibnu mengatakan, ini adalah jaringan ke-88 Olimart secara nasional. Di Sumbar sendiri, Olimart yang masih akan difranchise itu Pasundan Motor menjadi Olimart berikutnya setelah di Padang, Solok dan Bukittinggi. Owner Pasundan Motor, Guswandi mengatakan keinginannya dan dukungan Pertamina hanya agar usaha bengkel dan jual olinya maju pesat. Makanya, Guswandi dan istri sangat gembira saat Pertamina akhirnya menyetujui gerai Olimart di bengkelnya yang terletak di tepi jalan utama Kota

Payakumbuh itu. Prosesi launching Olimart, gerai resmi oli Pertamina ini selain dimeriahkan dengan penampilan tarian modern dan tradisi juga diisi oleh MC dari Padang, Rudi dan Dewi. Pertamina pun menyerahkan hadiah khusus sepeda motor kepada Hendra, seorang sales oli Pertamina yang beruntung. Hendra yang menjual oli sejak tiga tahun yang lalu mengatakan di atas pentas bahwa selama ini oli Pertamina telah membawa banyak keuntungan baginya. Produk asli Pertamina menurut Hendra mempunyai konsumen yang banyak dan loyal. Ibnu Prakoso, kepada wartawan mengatakan syarat untuk jadi Olimart ini selain memang di lokasi yang ramai konsumen, juga kondisi bengkel realible. Produk pertamina lubricant, unggul di kepastian harga dan kualitasnya yang terjamin. “Bengkel yang nyaman menjadi keunggulan Olimart. Selain produk dan layanan yang baik, Olimart mengunggulkan kenyamanan bagi konsumennya,” tukas Ibnu dan Asisten Manager Channel Eko Riki serta SE General Padang Niko Yuliansyah Putra.

Soal kenyamanan konsumen ini yang diutamakan oleh Olimart. Bahkan, menurut Ibnu, bahwa produk oli banyak produsen dan merchannya, iya. Namun, yang nyaman, berkelas dan harga pasti hanya bisa diperoleh di Olimart. “Tahun 2012, kita menargetkan 100 outlet Olimart telah berdiri. Jaringan yang menguasai bagian besar marketshare nasional. Data penjualan untuk jaringan Sumbar, 10.440 kiloliter terjual sampai hari ini. Tahun lalu, angka 9.770 kiloliter oli Pertamina terjual,” ungkap Eko Riki. Kenaikan penjualan yang mencapai 7,5 persen lebih ini menggembirakan. Sumbar, pungkas Ibnu jadi potensi yang bagus sekali untuk dikembangkan. Secara keseluruhan

keterjualan produk oli Pertamina 60 persen se-Indonesia. Angka totalnya 320.000 kiloliter. Ini untuk produk konsumsi domestik. Potensi diprediksi di Indonesia, 680.000 kiloliter, sudah 50 persen terpasarkan dan terjual. Harapan Guswandi (Owner) Pasundan Motor Olimart, gerai dan bengkelnya akan kian maju. Ditambah dengan adanya pengawasan, dukungan dan kosultasi berkala dari Pertamina, Pasundan Motor banyak berharap agar usahanya kian

sukses. Pertamina juga telah menyediakan perangkat lunak untuk transaksi Olimart online. Setiap seminggu sekali reporting penjualan sampai ke Jakarta. Setiap setahun sekali diberikan reward ke pengusaha-pengusaha Olimart. Januari akan diundang Gathering. Tahun ini 40 pengusaha telah dibawa ke Bali. “Di Pasundan Motor, sudah dua minggu, ada promo penjualan, beli tiga dapat satu,” papar Guswandi singkat dan padat.(h/dod)

DODI

SALES Region I Manager Pertamina Lubricants Ibnu Prakoso - Owner Olimart Pasundan Motor Guswandi dan Istri serta Asman Chanel Eko Riki di peresmian Olimart Pasundan Motor4.

18 EKONOMI DAN BISNIS

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

TAHUN 2012 MENUJU PROFESIONALIME

LINGKAR PIKM Sepi Pembeli AGAM, HALUAN — Pasar Industri Kecil dan Menengah (PIKM) yang diresmikan bupati Agam Indra Catri di bekas pasar Agro Politan Koto Hilalang Ampek Angkek Sabtu(17/12) masih sepi dari pedagang maupun pembeli. Sabtu (24/12) lalu pedagang yang menggelar barang dagangannya hanya 15 orang terdiri dari ibu-ibu yang menjual hasil sulaman dan konveksi serta barang kerajinan cendera mata. Di samping itu ada seorang pedagang lagi yang menjual jagung panggang. Mereka menggelar dagangan di atas meja petak pada tenda mirip tenda pengungsi korban bencana, sehingga pasar itu belum menggambarkan situasi sebuah pasar sesungguhnya , masih mirip seperti pameran dagang. Seorang ibu yang menjual hasil kerajinan mainan kunci dan duplikat rumah gadang yang dibuat dari triplek mengaku seharian Sabtu itu tidak berjual beli, tetapi dia menganggap itu biasa karena pasarnya baru sekali itu dibuka setelah peresmian Sabtu sebelumnya. “Letak pasar tersebut cukup strategis,persis di pinggiran jalan raya BukittinggiPayakumbuh memiliki peluang besar untuk bersaing dengan pasar-pasar yang ada di sekitarnya asal pedagang mampu menampilkan sesuatu yang menarik dan memberikan pelayanan prima kepada pengunjung. Oleh karena itu para pedagang harus memilki kreativitas”kata Ketua Dekranasda Agam Ny. Vita Indra Catri. Sementara itu Kadinas Koperindag Agam Adi Surya mengatakan, untuk beberapa bulan ke depan pasar IKM itu masih dianggap sebagai tampilan perdana dan biasa kalau masih sepi, tetapi usahan untuk meramaikan terus digenjot, pedagang diminta untuk bersabar. Untuk sementara pasar itu dibuka setiap hari Sabtu kalau ada perkembangan ditambah dengan hari minggu. (h/ks)

PLN Terapkan Sistem Prabayar

PASBAR, HALUAN — Menuju manajemen profesionalisme PT PLN Ranting Simpang Ampek Pasaman Barat Januari 2012 mulai menerapkan meteran (token) dengan sistem prabayar. Sehingga dengan demikian, keakuratan penghitungan meteran dapat dipercaya.

KASRA SCORPI

SEPI — Pasar IKM di Koto Hilalang Ampek Angkek yang baru diresmikan Sabtu(17/12), pada Sabtu(24/12) masih sepi dari pedagang dan pembeli.

Tolak Angin Anak Luncurkan Iklan Baru

IST

LAUNCHING iklan Tolak Angin Anak versi “Kasih Ibu”, ditandai dengan pukul tambur bersama Dirut Sidomuncul Irwan Hidayat.

JAKARTA, HALUAN — Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI bersama-sama dengan Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi), Wanita Indonesia

Tanpa Tembakau (WITT) dan Sidomuncul memperingati Hari Ibu ke-83 sekaligus meluncurkan iklan Tolak Angin Anak versi “Kasih Ibu” Dalam siaran persnya kepada Haluan, Sabtu (24/12), Senior Public

Relation Manager Sidomuncul Nanik R Sunarso menyebutkan, kegiatan tersebut digelar di Balai Kartini Jakarta, Rabu, (21/1). Sejumlah acara dilaksanakan, dengan ibu-ibu dari Iwapi, panti jompo Tresna Werdha dan anak-anak untuk bernyanyi dan fashion show dengan busana kebaya dan pemberian tanda kasih untuk para ibu panti jompo. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Linda Amalia Sari Gumelar yang sekaligus merupakan key note speaker pada talk show dengan tema “Peranan Perempuan di Berbagai Aspek untuk Mencapai Pembangunan Nasional” , Direktur Utama Sidomuncul Irwan Hidayat dan sejumlah pembicara lainnya. Bersamaan dengan acara tersebut juga diluncurkan iklan Tolak Angin Anak dengan versi “Kasih Ibu” yang

mulai tayang pada tanggal 22 Desember di beberapa media. Iklan tersebut memberikan gambaran akan kasih sayang yang tulus dari seorang ibu dalam merawat anaknya sejak kecil hingga dapat menggapai cita-citanya. Namun karena kesibukan dan karirnya, seorang anak sering melupakan ibu yang kesepian dalam menghadapai hari tuanya. Iklan ini yang disampaikan oleh Artika Sari Devi, Sofie Navita dan Vita Ari Lasso menyadarkan masyarakat untuk memberikan waktu bagi orang tua di dalam menghadapi hari tuanya dan menghargai keberadaan ibu. Irwan Hidayat berharap iklan tersebut bisa memberikan inspirasi kepada generasi muda agar selalu menghormati ibu yang telah merawat sejak kecil dan berjasa dalam mendukung masa depan kita semua. (h/atv)

Oleh karenanya, tidak akan ada lagi komplain terhadap petugas yang salah hitung atau pemutusan arus listik terhadap pelanggan yang menunggak. “Insya Allah tahun 2012 ini, kita sudah mulai melaksanakan sistem pra bayar terhadap pelanggan baru, keuntungannya banyak sekali, selain ekonomis, juga tidak akan ada pemutusan sambungan. Sebab, bayar dulu baru bisa memakai listrik,” ujar Menejer Ranting PLN Simpang Ampek Pasaman Barat Febriadi, SH., didampingi Kepala Cabang PLN Bukitinggi Sumarno ST., dalam sosialisasi listrik pra bayar di SDN 08 Kampung Tobek Malampah Utara Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman, Minggu (25/12. Sebelumnya sosialisasi untuk hal ini digelar Jumat (23/ 12). Sosialisasi dihadiri tokoh masyarakat Jayusman, walinagari Ladang Panjang Syafriadi dan beberapa tokoh pemuda lainnya, mendapat respon yang antusias ketika tanya jawab seputar kelistrikan di Pasaman dan Pasaman Barat. Seperti diketahui bahwa PLN Ranting Simpang Ampek juga membawahi daerah Pasbar, Pasaman, dan Agam. Febriadi, menjelaskan banyak keuntungan yang diperoleh dengan sistem pra bayar tersebut. Selain mampu memininalisir tingkat kesalahan dalam pencatatan meteran, juga sangat efesien sekali dalam pemakaian. Bahkan bisa mengetahui berapa sisa pulsa listrik per KWH bagi pelanggan yang bersangkutan. Dia mencontohkan, kalau pulsanya habis, maka listrik akan mati sendiri, untuk itu lakukan isi ulang. Masyarakat bisa membeli

pulsa prabayar itu kantor pos terdekat, atau Bank Rakyat Indonesia (BRI) setempat, dengan harga bervariasi mulai dari antara Rp20 ribu sampai Rp100 ribu. “Lebih praktis dan lebih simple,” tukuk Febriadi. Di sisi lain, dalam sosialisasi itu dia menyebutkan bahwa pada prinsipnya PLN tak pernah mematikan lampu, kecuali ada gangguan alam seperti pohon tumbang. “Kami meminta partisipasi masyarakat untuk menebang sawit atau tanamanannya yang dilewati jaringan tiang listrik, sehingga tidak membahayakan kabel listrik, jika terjadi angin kencang,” kata Febriadi lagi. Dia menyebutkan, PLN tetap komit melayani pelanggan, dan membebaskan Pasaman Barat dari keterisoliran listrik. Kepada daerah yang belum terjangkau sambungan listrik, khususnya di Kecamatan Tigo Nagari Pasaman, dia menjelaskan mekanisme agar pelanggan mengajukan surat permohonan, baik perorangan maupun kolektif dengan syarat-syarat yang telah ditentukan diantaranya kartu tanda penduduk (KTP), yang diketahui oleh walinagari bersangkutan. Pelanggan baru bisa menyampaikan permohonan ke kantor pelayanan atau atau kantor jaga Kinali Pasaman Barat, dengan biaya penyambungan (BP) yang harus disetor ke PT. PLN sekitar Rp700 ribu sampai instalasi sedangkan untuk pemasangan selanjutnya adalah silakan berurusan dengan pihak ketiga (biro PLN). Karena untuk pemasangan selanjutnya adalah kewenangan biro. (h/nir)

WANITA DAN KELUARGA 19

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

Kehamilan Itu Menyenangkan

Menu

ANDA yang sedang menanti waktu untuk menjadi seorang ibu tentunya merasakan banyak hal selama masa kehamilan. Mulai dari tubuh yang lemas, morning sickness, hingga kaki yang bengkak. Apakah terkesan bahwa mengandung adalah sebuah proses yang panjang dan menyiksa?

Lumpia Daging Paprika COBA deh menu yang satu ini, mungkin bisa menjadi santapan untuk sarapan pagi anda. Dan bisa menjadi bekal untuk si kecil jika ke sekolah. Yuk intip resepnya. Bahan: -100 g daging sapi untuk sukiyaki -2 sdm bumbu teriyaki, siap pakai -1 siung bawang putih, parut -6 lembar kulit lumpia Vietnam (banh trang) -6 lembar lettuce -50 g paprika merah, iris panjang tipis -50 g paprika hijau, iris panjang tipis Cara membuat: *Aduk daging sukiyaki dengan bumbu teriyaki dan bawang putih hingga rata. *Tumis daging berbumbu dengan sedikit minyak hingga matang. Angkat. *Ambil selembar kulit lumpia, perciki dengan sedikit air dingin matang seluruh permukaannya hingga lunak. *Taruh selembar lettuce di salah satu sisinya. *Beri daging tumis dan paprika. Gulung lalu lipat kedua sisinya hingga padat dan rapi. *Potong menjadi dua. Sajikan dengan saus cabai atau Nuoc Cham.

Untuk sebagian wanita, siksaan itu dianggap sebagai sesuatu yang pada akhirnya akan sangat membahagiakan. Dan lagi, sebenarnya ada banyak hal menyenangkan yang membuat wanita yang hamil begitu bahagia dan antusias dengan proses ini. Jika Anda belum pernah mengalami kehamilan, inilah beberapa hal yang membuat kehamilan menjadi sesuatu yang menyenangkan. 1. Alarm Pertama Inilah hal yang paling ditunggu pasangan yang telah menikah dan memang sedang menanti tanda-tanda kehamilan. Jika alat uji kehamilan, atau pemberitahuan dari dokter menyatakan sang wanita positif hamil, wow... ini adalah momen yang sangat membahagiakan mereka. Sehingga tidak heran jika para suami tidak berhenti mencium istrinya saat tahu bahwa dia akan menjadi seorang ayah. 2. Kepakan Kupu-Kupu Efek kepakan kupu-kupu di dalam perut mungkin pernah dirasakan wanita saat jatuh cinta pada seseorang. Tetapi itu hanya perasaan saja, sedangkan pada saat mengandung, sang wanita akan benarbenar merasakan bagaimana kepakan kupukupu yang sesungguhnya di dalam perut. Mulai dari kepakan hingga sebuah tendangan, ini akan sangat luar biasa karena ada sesuatu yang hidup di dalam sana. 3. Makin Cinta Perut Bila sebelum mengandung banyak

wanita yang iri dengan perut orang lain, artis misalnya... Atau bisa jadi sering mengeluh bahwa bagian perutnya berlemak dan lain sebagainya, maka setelah hamil dan perut mulai tampak membuncit, sang wanita tidak akan lagi peduli dengan lemak perutnya. Sang wanita akan sangat antusias dan makin mencintai bagian perut itu. Karena membesarnya perut dalam kehamilan adalah hal yang sering dibanggakan para wanita. 4. Baju Baru Oh ya... tentu saja para wanita membutuhkan banyak pakaian baru selama masa kehamilan. Mulai dari baju yang longgar, sepatu datar, jeans khusus ibu hamil dan lain sebagainya. Ini akan membuat para wanita shopaholic berbahagia. Tidak hanya untuk dirinya, para wanita akan sangat senang dengan bajubaju super mungil untuk calon bayinya. Memilih-milih baju bayi akan menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan. 5. Bebas Makan Bila sebelum menikah para wanita mengencangkan ikat pinggang demi pinggang yang langsing dan menahan diri untuk tidak mengonsumsi susu dengan kandungan lemak, maka sekarang mereka bisa mengonsumsi makanan yang sehat bagi dirinya dan janin yang ada di

dalam perut. Sang wanita sekarang bebas minum susu yang enak, kacang hijau lezat, seporsi daging semur dan lain sebagainya. 6. Perhatian Ekstra Jika sang wanita ngidam, maka sang suami akan kalang kabut mencarikan sesuatu yang diinginkan istrinya. Bahkan bila sang istri ingin makan daging kelapa hijau yang dibeli di kota tetangga, suami Anda kemungkinan besar tidak keberatan mengabulkannya. Anda bisa bermanja-manja pada masa ini. 7. Cinta (Sebelum) Pandangan Pertama Maka p a d a

saat mengandung, Anda akan mengalami cinta (sebelum) pandangan pertama. ANda akan mencintai seseorang yang bahkan Anda belum tahu apa jenis kelaminnya. Sejak awal kehamilan, Anda sudah membayangkan hidup Anda akan makin indah dengannya, menjanjikan hidup yang menyenangkan, pendidikan yang baik dan lain sebagainya. S a n g a t menyenangkan bukan? Kehamilan tidak hanya diisi dengan sesuatu yang menyakitkan dan merepotkan, Anda bisa menjadi wanita yang berbahagia saat mengandung. (kpl)

LITA GADING

Mencintai Dunia Psikologi

Siasat Hemat Sewa Tempat BIAYA sewa tempat seringkali menjadi komponen yang cukup memakan biaya besar dalam setiap anggaran pernikahan. Nah, menyiasatinya, simak cara praktis berikut. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan secara khusus untuk menyiasati biaya sewa tempat ini. Terutama bila anggaran anda terbatas. Pertama, jangan mengadakan acara pernikahan di “musim kawinan” . Para pengelola gedung biasanya akan memasang tarif yang lebih mahal saat banyak permintaan ketimbang di hari biasa saat order sedang sepi. Mereka lebih leluasa menentukan harga dan biasanya menolak negosiasi harga. Kedua, bila menungkinkan tak ada salahnya menyewa tempat di hari kerja. Biasanya karena pertimbangan banyaknya

peminat, maka pengelola akan mematok tarif lebih tinggi saat weekend. Ketiga, lakukan pemesanan jauh-jauh hari. Selain menghindari resiko fully booked, bila Anda memesan saat sudah menjelang hari-H, bukan tidak mungkin Anda akan dikenakan biaya sewa yang lebih mahal. Keempat, batasi jumlah undangan dengan menggunakan skala prioritas. Dengan cara ini Anda tidak perlu menyewa tempat yang terlalu besar sehingga dapat mengirit biaya pengeluaran. Kelima, jika jumlah undangan tidak dapat dikurangi maka, carilah gedung lain dengan kapasitas yang sama namun dengan tingkat kelas yang lebih rendah, otomatis biaya sewanya lebih murah dan pastinya akan menekan anggaran. (perempuan.com)

Agar Daun Bawang Tetap Awet DAUN bawang yang banyak disuka ini memiliki kelemahan yaitu cepat membusuk walaupun telah disimpan dalam plastik dan diletakkan di kulkas. Biasanya cara ini hanya membuat daun bawang awet selama 2 hingga 3 hari saja. Karena itu, Anda bisa mencoba cara yang tampak unik ini agar daun bawang bisa awet lebih dari 1 minggu. 1. Beli daun bawang yang masih memiliki akar.

BUKA TIAP HARI Jam 08.00-22.00 WIB HARI MINGGU/BESAR TETAP BUKA Hp. 081374058709 atau sms aja Pasti dibalas

2. Cuci daun bawang lalu tepuk-tepuk pelan dengan handuk kering agar sisa air terserap. 3. Potong ujung atas daun bawang hingga rata. 4. Siapkan botol kecil yang cepat menampung bagian akar daun bawang, masukkan daun bawang ke dalam botol. ( 5. Isi botol dengan air hingga batas warna putih daun bawang. 6. Tutup bagian hijau daun

PENGOBATAN

ORIENTAL MEDICINE BP. DR.TM. MUHAMMAD,NSR,HS

bawang dengan plastik bening agar tetap lembab. 7. Ganti air dalam botol setiap hari. Dengan cara ini, daun bawang bisa awet lebih dari satu minggu. Selamat mencoba! (kpl)

ALAMAT PRAKTEK: Jl. Pasar Baru II No. 49 A RT.02 RW.II Kel. Kampung Jao Kec. Padang Barat-padang ( Jl. Ratulangi +50M dari Radio Arbes FM)

MENGOBATI SEGALA MACAM JENIS PENYAKIT LUAR DALAM, BARU LAMA MAUPUN KRONIS Kami mengobati segala macam/jenis penyakit dengan menggunakan bantuan terapi Timur-Barat dan Ramuan Obat Alami yang telah dipakai hampir seluruh bangsa di dunia. Bahkan kini telah diuji oleh pakar/Ahli secara klinis terbukti aman,ampuh, manjur mujarab serta tidak menimbulkan efek samping sama sekali!!!!. Anda menderita penyakit yang tertulis di daftar atau tidak disini segeralah ke alamat kami !!! Isyaallah kami siap membantu dan menunggu kedatangan Anda. Kulit muka anda keriput ???Kami juga menyediakan ramuan kecantikan (Obat Awet Muda) Air muka anda bisa terlihat lebih muda puluhan tahun dari usia sebenarnya. Kami juga kerjasama dengan Prof. DR. Hembing Wijaya Kusuma dan Prof. DR. Nurdin Ibrahim dalam meramu (meracik)

UNTUK UMUM AWET MUDA LUMPUH/STROKE KURAP PANU BELUM PUNYA ANAK DARAH KOTOR KENCING MANIS LEKEUMINIA TUMOR/KANKER ALERGI GONDOK/POLIP GANGGUAN SARAF HERNIA/T.BOROK STRESS/GELISAH MAAG/ULU HATI TELAPAK KAKI TANGAN BAU BADAN/MULUT BERKERINGAT JERAWAT/BISUL KANKER PAYUDARA MATA KATARAK/RABUN

dunia lain yang sangat glamour, dengan bayaran yang menggiurkan, kayaknya waktu itu dapat uang kok gampang banget dan ternyata asyik juga ya menjadi seorang artis,” ungkap Lita yang mengaku mengawali karir menjadi artis sinetron tanpa proses casting ini. Namun belakangan ‘cinta pertamanya’ mulai kembali tumbuh. Dijelaskan Lita, selain karena masih cinta terhadap dunia psikologi, ia juga ingin membuktikan bahwa seorang artis juga mampu menjadi professional di bidang bidang lain, “Pandangan masyarakat terhadap artis saat inikan bisa dibilang miring ya mas, kalo artis itu beginilah, begitulah, jadi saya ingin membuktikan bahwa artis itu mampu mendalami bidangbidang lain yang jauh dari dunia entertaint,” jelas Lita yang saat ini tengah mendalami ilmu psikologi d e n g a n mengambil pendidikan S2 d i Universitas Indonesia ini. Diakui perempuan yang

akan bermain dalam Film Kereta Setan Manggarai ini, saat ia memutuskan untuk terjun di dunia sinetron orang tuanya sempat menentangnya. Karena menurut mereka penilaian masyarakat pada dunia itu penuh dengan nilai-nilai negative, “Maklum bapak sayakan dari militer, jadi segala sesuatu itu selalu diukur dari sikap dan moral, sementara sikap dan pergaulan artis, mas tau sendirikan seperti apa,” ujar Lita yang mengaku menyingkapi hal tersebut dengan mengkombinasikannya dengan pendidikan yang memadai. Saat ini Lita tengah asyik menekuni dunia Psikologi yang sempat ia tinggalkan. Ia lebih banyak meluangkan waktunya sebagai personality reader dengan terus mendalami ilmu grafologi, ilmu yang membuatnya mampu membaca karakter seseorang dari tulisan dan tanda tangan. Selain itu ia juga suka mempelajari karakter individu yang menurutnya unik, “Gak ada manusia yang sama, karenanya bidang ini sangat unik buat saya,” imbuh Lita. Saat diminta pendapatnya tentang perkembangan perempuan Indonesia saat ini, Lita bertutur bahwa saat ini para perempuan sudah mulai bernai mengungkan pendapat, sehingga mereka bisa lebih mengapresiasikan keinginan dan kemampuannya. Selain itu perempuan juga sudah mendapatkan kesempatan yang sangat terbuka untuk mengembangkan kemampuannya, “Saya senang ya melihat perempuan jaman sekarang yang sudah sangat maju dan bisa berpikir secara modern, tapi saya berharap mereka tak melupakan kodratnya sebagai perempuan,” urai Lita Sementara soal criteria perempuan cantik dimatanya, Lita menjawab bahwa perempuan cantik itu bisa dilihat dari kecederdasan yang perempuan miliki. Karena menurutnya kecerdasan merupakan jalan untuk bisa tampil menarik dan cantik. “Jika perempuan memiliki kecerdasan, maka semua yang bertalian dengan kehidupanya baik itu penampilan, moral, atau apa saja bisa tercover dengan baik, dan jika sudah begitu perempuan tersebut pasti bisa tampil cantik dan menarik,” pungkas Lita. (perempuan.com)

HUB: HP 081374058709 VARISES/A. URAT PLEK HITAM DI WAJAH SEX DINGIN LK/PR AYAN/EPILEPSI KULIT BELANG PILEK MENAHUN INGIN GEMUK/LANGSING AMBIEN/WASIR SAKIT GIGI K.BATU/GINJAL

ASTHMA/S.NAFAS TBC BATUK DARAH SYPILIS/R.SINGA RHEUMATIK/ENCOK LIVER/S.KUNING DARAH T/RENDAH AMANDEL JANTUNG KORONER EXIM/GATAL-GATAL BATUK DARAH

PARU BOCOR TELINGA BERAIR TELINGA BERNANAH LEPRA/KUSTA KEPALA SAKIT SUSAH TIDUR DIARE/DISENTRI SEMBELIT/SINUSITUS MIMISAN DLL

Ingat!!! Jangan salah pilih, pengobat alternative Oriental Medicine, kalau ragu-ragu boleh dicoba-coba dulu, kalau berkhasiat baru berobat. Biaya obata hanya Rp. 1000,- semacam obat untuk sekali minimum!!!(Paling Mahal Dari Rp 5.000,- sampai Rp. 15.000,- Perhari minum obat) Pemeriksaan dan konsultasi di kenakan biaya Rp. 20.000,- atau boleh juga semampu anda kecuali Khusus pria/wanita dan penyakit parah/kronis lainya tapi boleh juga nego-

KHUSUS PRIA

KHUSUS WANITA

Impoten/lemah syahwat (syahwat mati bisa hidup kembali) memperbesar zakar/alat vital, mani encer, dll) semua penyakit lama, parah, kronis, menahun

Memperbesar/memperindah Payudara, merapatkan vagina, (bisa seperti perawan lagi) Pektay, keputihan, terlambat bulan, dll. Semua penyakit lama, parah, kronis, menahun

Sebenarnya separah apapun penyakit yang kita derita ada obatnya, sebab zat yang menurunkan penyakit juga menurunkan obatnya. Hanya kita sajalah tempatnya lalai dan lemah, tidak yakin, malas berobatg, ragu-ragu,, tidak sabar ingin cepat-cepat sembuh dan lainya. Lihat dan bacalah sejarah dari mulai manusia pertama diciptakan sampai dengan setengah dan satu abad yang lalu. Penduduk seluruh dunia belum mengenal obatobat campuran kimia, tapi selalu menggunakan obat-obat ramuan alami. Orang sehat-sehat, kuat-kuat, panjang umur dan tak pernah terdengar penyakit yang tak bisa tertolong lagi. Cobalah lihat sekarang ini obat dan peralatanya canggih lagi modern. Ada yang salah bedah. Maal praktek, ada penyakit yang divonis tak ada obatnya lagi. Ada pasian yang diramal disini hidupnya beberapa hari lagi dan tidak ada manfaatnya dicerita panjuang lebar sendiri. Nah! Pastikan jangan tunda lagi mari kembali keramuan obat alami segeralah ke alamat kami sebelum terlambat!!! Kami siap menolong anda dengan ramuan asli kami!!! Yang namanya pengobatan alternative dan mengaku-ngaku menggunakan obat ramuan saat ini sangatlah banyak dan mungkin cukuplah mebingungkan kita semua. Ada yang menawarkan cukup sekali berobat penyalitnya langsung sembuh beberapa hari lantas angkat kaki ada yang ambil uang ratusan dan jutaan. Ada yang bikin nama aneh-aneh dan masih ada trik-trik dan lainya. Hanya untuk mengeruk keuntungan mereka semata bahkan mungkin dengan ulah merekalha dimata anda sangat terpuruk citra pengobatan ramuan alami saat ini. ingat jangan samakan pengobatan Oriental Medicine dengan lainya kami juga sediakan obat ramu dan racik sendiri. Ramuan-ramuan langsung bisa dibawa pulang. Ngomong-ngomong soal obat ramuan alami pasti biayanya sangatlah murah. Kami tidak asal tulis murah. Buktikanlah ke alamat kami!!!konsultasi dan Tanya-tanya dulu!!!Cuma Pemeriksaan saja dikenakan biaya Rp 20.000 (sepuluh ribu rupiah)

Insya Allah kami juga menobati penyakit non fisik (batin) digunaguna santet. Usaha macet, jodoh, pemanis, mental ada gangguan akibat obat-obat terlarang. Ingin rumah tangga rukun anak-anak cepat cerdas dan lainya.

SEJATINYA perempuan kelahiran 10 September 1975 ini adalah seorang entertaint handal, tak kurang dari delapan sinetron Striping, delapan sinetron weekly, delapan Film Televisi, serta dua film layar lebar telah ia bintangi, belum lagi beberapa bintang iklan telah pula ia lakoni. Namun dalam perjalanan karirnya tersebut terselip dikalbunya untuk kembali mendalami bidang yang pernah ia cintai, yaitu dunia psikologi Kecintaanya terhadap bidang yang satu ini memang sudah berlangsung sejak ia masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Diakui perempuan berparas cantik ini, secara tidak langsung teman-teman sekelas dimasa SMA itulah yang turut membantu menebarkan benih-benih cinta pada dunia psikologi, “Gara-gara aku sering mendengarkan curhat mereka, akhirnya aku jadi ketagihan dan jatuh cinta pada dunia ini,” tutur Lita membuka obrolan. ‘Gelora asmara’ yang melanda hatinya itu ternyata mampu membuatnya menjatuhkan pilihan, karena saat ia lulus SMA ia memutuskan untuk meminang Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran Bandung sebagai ‘pilihan hatinya’. Tetapi takdir perjalanan hidupnya berkata lain. Cintanya terhadap dunia psikologi mulai terkikis oleh glamournya dunia entertaint yang membawanya menjadi seorang bintang. Di tuturkan perempuan bertubuh mungil ini, setelah lulus dari Universitas Padjajaran Bandung ia belum sempat mengaktualisasikan disiplin ilmunya tersebut. Ia mengaku malah ‘kabur’ meninggalkan tanah air untuk menekuni dunia model di Hongkong dan Singapur. Tahun 2004 ia kembali ketanah air, dan ditahun 2005 tawaran untuk bermain disinetron mulai mengalir. Diakui mojang priangan ini, kontrak dan bayaran yang menggiurkan membuatnya sempat terlena, “Saat terjun di dunia itu saya benar-benar menemukan

Alamat sangatlah mudah semua buskota/semua kendaraan yang melewati Jl. Ratulangi +50 m dari Radio Arbes FM. Lihat Plang pengobatan Oriental Medicine. Minta Turun di Jl. Pasar baru

PRAKTEK BERIZIN, MENETAP DAN TIDAK TUTUP-TUTUP LAGI, CATATLAH ALAMAT INI BAIK-BAIK, KAPAN-KAPAN PERLU BISA DIPERGUNAKAN

Dibutuhkan SEGERA 1. MANAGER CETAK 2. TEKNISI MESIN CETAK

nggak sempat baca

Kami adalah perusahaan media ternama, sedang mencari karyawan yang profesional dan mau bekerja keras. = Selection Criteria : 1. Pria minimal SLTA / SMK Diutamakan berlatar belakang Grafika. (Point 1,2) 2. Umur Maximum 40 tahun (Point 1,2) 3. Pengalaman di bidang percetakan minimal tiga tahun (Point 1,2) 4. Komunikatif dan memiliki kepribadian yang baik (Point 1,2) 5. Bersedia bekerja berdasarkan target dan mampu bekerja dalam tekanan (Point 1,2) 6. Leadership yang kuat dan tegas (Point 1) 7. Disiplin, Rajin dan mampu bekerjasama secara team (Point 1,2) 8. Menguasai tentang percetakan Surat Kabar, buku, majalah, brosur dan lain-lain (Point 1) 9. Menguasai estimasi / kalkulasi percetakan, proses cetak offset / digital printing sampai finishing (Point 1) 10. Mengerti dan mampu memonitor kwalitas cetakan (Point 1) 11. Mengerti dan memahami tentang bahan baku / material cetakan (Point 1)

Bagi memenuhi syarat diatas kirimkan lamaran, cv, pasphoto 4x6 terbaru Anda ke :

HRD Harian Umum HALUAN Padang Komplek Bandara Tabing Jl. Hamka Padang

klik kami di www.harianhaluan.com

20

POKOK DAN TOKOH ARDINA RASTI

Liburan ke Kanada PENGHUJUNG

tahun memang moment yang tepat untuk liburan. Begitu juga dengan sederet artis Indonesia yang sudah merencanakan liburan indah baik di dalam negri maupun luar negri. Seperti yang direncanakan artis Ardina Rasti, ia dan sang kakak akan bepergian ke luar negeri tepatnya ke Kanada setelah tiga tahun tidak menikmati liburan. Bukan sembaran liburan, ia pun menyebut liburannya kali ini memang sebagai liburan yang gila-gilaan. Rasti sepertinya ingin merasakan sesuatu yang berbeda hingga rasa jenuh yang melanda hilang dalam sekejab. “Niatnya emang mau roadtrip sama kakak, nyetir dan edan-edanan ala cewek aja di beberapa kota sana,” jelas Rasti dengan antusias. Kesibukannya selama ini memang diakui membuat dirinya tidak bisa menikmati masamasa berlibur. Untuk itu, tak seperti artis lainnya yang bekerja di penghujung tahun, ia justru sudah menyiapkan liburannya itu dari jauh-jauh hari. “Bakal seruseruan deh, aku bakal backpackers aja,” tuturnya bersemangat.(ccm)

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

RUSDI

Senang Silat dan Berorganisasi. SEJAK kecil ia sudah senang olah raga pencak silat. Berbagai pertandingan ia ikuti. Olahraga tersebut, dirasakannya bermanfaat untuk menunjang karirnya saat ini. Keberanian, percaya diri, reaksi fikir dan lainlain yang ada dalam olahraga pencak silat, memang diaplikasikan dan dirasakan menunjang tugas seharihari,” ujar Rusdi Kasi Sarana dan Prasarana Pasar Kota Payakumbuh. Hingga kini, pria yang menjadi Ketua Harian PPS ( Perguruan Pencak Silat ) Minang Saiyo, serta anggota Dewan Pertimbangan Pengkot IPSI ( Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia ) Kota Payakumbuh ini, masih sering berlatih silat. Laki – laki kelahiran Payakumbuh 5 Mei 1967 ini, juga banyak mendapatkan pengalaman berharga sekaitan hobinya tersebut. Kini Rusdi, sedang giat menambah ilmu hukum, dengan mengikuti kuliah Magister Ilmu Hukum ( Advokasi ) di UBH. “Mudah – mudahan segera wisuda serta lebih memiliki ilmu penunjang dalam tugas sehari – hari , “kata laki – laki yang juga Pembina Radioland Pasar Ibuh Kota Payakumbuh ini optimis. Dikatakan anak pertama dari 5 bersaudara ini, sebagai PNS yang bertugas ditengah pasar, memang perlu ilmu komunikasi, pandai bergaul, dan harus bisa memilah mana yang tugas, mana yang aktifitas tambahan, dan harus dekat dengan masyarakat. “Kalau kita orang pasar, tentu juga banyak dekat dan bergaul dengan pedagang, “kata Rusdi sambil menerima berkas surat – surat pedagang yang mau menghuni petak – petak toko pasar Ibuh Timur Jum’at lalu itu.-(h/snt).-

JUSTIN BIEBER

Sumbangkan Rp4,5 Miliar untuk Anak-anak Natal ini sepertinya benar-benar dimanfaatkan Justin Bieber untuk berbagi kebahagiaan dengan mereka yang kurang beruntung. Setelah kemarin menyumbang US$100 ribu untuk sebuah sekolah di Las Vegas, sekarang Bieber kembali dikabarkan mengeluarkan uang tak kurang dari US$500 ribu buat anak-anak di Canada, kampung halamannya. Seperti diberitakan ContactMusic.com, Justin Bieber menyerahkan US$500 ribu atau kurang lebih Rp4,5 miliar pada Children’s Wish Foundation di Toronto, Canada. Peristiwa ini terjadi setelah Bieber tampil di hadapan para penonton di Toronto dalam sebuah acara amal. Di saat yang sama Bieber juga bertemu tiga anak yang menderita penyakit yang bisa jadi bakal merenggut nyawa mereka. “It means the world to me bisa tampil di hadapan kalian, apalagi di sini,” ungkap Justin Bieber saat menggelar konser di Toronto, Rabu kemarin. Dalam kabar yang sama juga disebutkan kalau acara amal ini direkam untuk ditayangkan dalam acara Justin Bieber: Home For The Holidays yang ditayangkan hari Kamis malam lalu. Sebelumnya sempat dikabarkan kalau Justin Bieber menyumbang sebesar US$100 ribu pada Whitney Elementary School di Las Vegas yang punya program membantu keluarga murid yang tak mampu. Tak lama kemudian Justin Bieber juga dikabarkan berinvestasi di sebuah game Facebook yang juga bertujuan sosial. (kpl)

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

Sarantau Sasurambi

Jalan Rusak, SBJ Terancam Terisolasi

LINGKAR Pengecer Jual BBM Lebih Mahal SOLSEL, HALUAN — Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di pusat Kabupaten Solok Selatan dipicu ulah pengecer yang mencari keuntungan sendiri. Dari pantauan Haluan di SPBU Padang Aro, nampak pengecer BBM antre berkali-kali untuk mendapatkan premium, Jumat (23/12). Pengecer antre berkali-kali menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua untuk mendapatkan premium. Setelah premium didapatkan dengan mengisi penuh tank minyak mobil, pengecer mengambil bagian antre lagi ke belakang untuk mendapatkan BBM. Kerja pengecer itu telah mewarnai antrean panjang setiap hari di SPBU Padang Aro tersebut. BBM jenis premium dijual dengan harga mahal, bahkan di seberang jalan depan SPBU, premium dijual Rp7.000 perliter. (h/col)

SOLSEL, HALUAN — Masyarakat Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ) terancam terisolir terkait kondisi jalan yang menghubungkan SBJ dengan kecamatan tetangga menuju pusat kabupaten mengalami rusak parah. Camat SBJ Basrial, mewakili 19 ribu masyarakat SBJ mengung-

kapkan, Jumat (23/12), kondisi rusaknya jalan utama sepanjang

10 km menuju kecamatan yang kaya dengan perkebunan sawit itu kurang mendapat perhatian pemerintah daerah. “Menurut keterangan Dinas PU, jalan itu berstatus jalan lintas provinsi yang menghubungkan Solok Selatan menuju Sungai Rumbai dan Sungai Kunyit,” katanya.

Dua Parpol Tak Cairkan Jatah Dana Bantuan SOLSEL, HALUAN — Pemkab Solok Selatan melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Solok Selatan menganggarkan dana Rp533 juta untuk dana bantuan 12 partai politik (parpol) 2011. Namun 2 parpol tak mencairkan dana bantuan itu. Hal itu diungkapkan Akhirman, Kepala Kantor Kesbangpol, saat ditemui Haluan, Selasa (20/12). “Pemberian dana bantuan parpol itu disesuaikan dengan jumlah suara yang diraih bagi partai yang mendapat kursi di DPRD,” ujar Akhirman. Dikatakannya, dari 12 parpol yang mendapatkan kursi, 10 partai sudah mencairkan dana, sementara 2 partai lagi belum mencairkan dana bantuan itu. Kabarnya, 2 partai politik yang belum mencairkan dana dikarenakan persoalan internal partai. “Partai Gerindra belum mengajukan proposal dan Partai Demokrat sudah mengajukan proposal namun belum mencairkan dana,” ucapnya. Pemberian dana bantuan partai politik berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2009 Tentang Bantuan Keuangan kepada Partai Politik dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Pedoman Tata Cara Penghitungan, Penganggaran dalam APBD, Penyajuan, Penyaluran dan Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Keuangan Partai Politik. Bantuan keuangan partai politik ini bertujuan untuk melakukan pembinaan bagi masing-masing partai. “Setiap partai wajib melaporkan penggunaan keuangan dalam bentuk LPj, dan 10 partai yang telah menggunakan dana itu sudah masuk laporannya,” katanya. Dari 25 kursi dewan yang ada di DPRD Solsel yang diisi oleh 12 partai politik, yakni partai Golkar, PDIP, Demokrat, Gerindra, PPP, PAN, PKB, FKPI, Hanura, PKS, Matahari Bangsa dan PPD. “Suara terbanyak diperoleh Partai Golkar, yaitu 11.649 suara dan yang paling sedikit diraih Partai Matahari Bangsa 1.817 suara,” jelas Akhirman. (h/col)

ICOL

SALAH satu ruas jalan utama (status jalan provinsi) di Sangir Balai Janggo yang nyaris terabaikan. Badan jalan ditutupi semak.

SOLOK SELATAN

ICOL

BBM ‘KENCING’ — Aksi curang pemilik kendaraan, yang diduga pedagang BBM eceran ini, sedang memindahkan BBM dari tanki mobilnya ke dalam jeriken.Aksi BBM ‘kencing’ ini dilakukan untuk mengumpulkan premium dengan cara antre berulang-ulang di SPBU.

Pameran dan Ekspose Pertanian Sukses SOLSEL, HALUA N — Pameran Pertanian dan Ekspose FMA 2011 yang diselenggarakan Kantor Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Kabupaten Solok Selatan di Muara Labuh berjalan sukses. Kepala Kantor KPKP Solsel Syahrial menjelaskan, suksesnya kegiatan atas dukungan bersama masyarakat. Pameran yang dilaksanakan selama tiga hari, dibuka Senin, 19 Desember dan ditutup Rabu, 21 Desember 2011, itu memang terkendala cuaca. Hujan yang turun sempat menjadi penghambat pengunjung. Walau demikian, stand pameran tetap ramai dikunjungi. Selain pameran, juga dilangsungkan kegiatan ekspose FMAsejak dimulainya program FEATI di Kabupaten Solok Selatan melalui penampilan produk, presentasi serta diskusi. “Kegiatan ini merupakan tempat bertemunya petani, petugas, peneliti dan instansi terkait. Tentunya momen ini bermanfaat bagi kemajuan pertanian di daerah ini,” kata Syahrial, didampingi penyuluh Atilah Madjidi. Dilanjutkan Syahrial, target peserta pameran sebanyak 40 FMA yang tersebar di 7 kecamatan pada Kabupaten Solok Selatan. Mereka menampilkan produk pertanian, menginformasikan proses kegiatan pertanian, kendala yang dihadapi, bentuk kerja sama yang sudah dilakukan. “Hadir 36 FMA dari target 40 FMA sebelumnya dan berpartisipasi juga BPTP Sukarami, Sanghyang Sri, Pupuk Organik Biofast dan Gapoktan S3 Makmur,” sebutnya. Pameran ini merupakan tindak

lanjut dari pameran yang dilaksanakan tahun lalu di Kecamatan Sangir, karena pameran itu sukses dan mampu mengenalkan produk pertanian. “Semoga kabupaten kita dipercaya kembali mengembangkan program FEATI, sementara pameran ini perlu dilakukan demi memperluas pemasaran,” ucapnya, sambil tersenyum. “Program FEATI ini juga mendapat dampingan teknologi dari BPTP Sumatera Barat. Beberapa inovasi teknologi yang telah diadopsi oleh FMA untuk pengembangan usaha tanaman padi sawah adalah inovasi teknologi Pengendalian Hama dan Penyakit (PHT), penangkaran benih padi, pengolahan jerami menjadi kompos dan pakan ternak serta teknologi sistem tanam legowo,” jelas Atilah. Untuk komoditas kakao, inovasi teknologi yang dikembangkan adalah pemupukan, pemangkasan tanaman, pengendalian hama dan penyakit serta fermentasi biji kakao. Sedangkan pengembangan ternak sapi, inovasi teknologi yang dikembangkan adalah penyusunan ransum pakan dan pemeliharaan sapi secara intensif. “Pada tanaman cabai, inovasi teknologi yang dibutuhkan adalah pengendalian virus kuning dan pemupukan berimbang. Pada tanaman karet dibutuhkan introduksi klon unggul dan pengendalian jamur akar putih sedangkan untuk tanaman jeruk yang saat ini dikembangkan di Pekonina Solok Selatan membutuhkan inovasi teknologi Pengendalian Hama dan Penyakit,” jelasnya. (h/col)

Dijelaskan Basrial, jawaban itu terkesan saling melempar tanggungjawab. Padahal bila ditanggapi positif, jalan berstatus provinsi itu bisa diusulkan perbaikannya ke Dinas PU Provinsi untuk diperbaiki. “Kelemahan daerah pinggiran selalu terkendala perhatian, seringkali daerah pinggiran ini terabaikan dalam soal pembangunan infrastruktur, terutama perbaikan jalan demi lancarnya akses transportasi ke daerah,” ucapnya. Selain itu, beberapa perusahaan yang melewati jalan berstatus jalan provinsi itu hanya bisa memanfaatkan fasilitas yang ada. “Pihak perusahaan kurang kepedulian untuk menimbun jalan yang berlubang, padahal truk perusahaan melewati jalan itu,” jelasnya. Tercatat beberapa perusahaan besar yang menggunakan jalan itu adalah PT VUM mengangkut biji besi dengan ratusan truk setiap harinya, PTP 6 mengangkut pupuk, BBM dan bahan pembangunan pabrik, PT KSI dan TKA mengangkut pupuk dan buah inti dengan menggunakan truk fuso, PT Incasi Raya Group, SJAL, BPSJSS 2 dan BGE juga tidak kalah penting aktivitasnya menuju pusat kabupaten Padang Aro. Sangir Balai Janggo dengan luas daerah kecamatan 160 ribu hektare sebagai kecamatan yang menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar dan sumber kekayaan alam dan mineral bagi perusahaan seharusnya mendapatkan perhatian lebih, tapi

21

malah terabaikan. Ironisnya, sepertiga kepala keluarga (KK), yaitu sekitar 1.500 KK dari 4.500 KK, termasuk rumah tangga miskin. “Kehadiran perusahaan belum memberikan dampak positif dalam hal ini. Dengan program CSR, seharusnya SBJ mendapatkan rehabilitasi pembangunan terutama akses jalan, tapi malah membawa malapetaka bagi masyarakat,” tegas Basrial. Curah hujan beberapa pekan terakhir ini ikut memicu kerusakan jalan. Akses yang menghubungkan pusat kabupaten Padang Aro melalui Lubuk Malako menuju Sungai Kunyit tak ubahnya seperti areal persawahan yang siap untuk ditanami. Tidak hanya itu, pinggir jalan diselimuti rumput yang menyebabkan badan jalan tertutup. “Kondisi jalan seperti ini berbaya bagi masyarakat pengguna jalan, jelasnya kami terhalang menuju pusat kabupaten,” ucap Konki, masyarakat Sangir Balai Janggo. Pemerintah kecamatan sudah mengupayakan usulan perbaikan jalan kepada perusahaan, minimal menimbun badan jalan yang berlubang, tapi belum ada tanggapan. “Kita coba lagi mengkomunikasikan dengan pihak perusahaan, kalau keadaan seperti itu terus dibiarkan, tentunya pihak luar enggan mangunjungi SBJ. Akibatnya, harga sembako dikhawatirkan menanjak naik. Alih-alihnya, masyarakat juga yang menanggung risiko,” jelasnya. (h/col)

Disiplin PNS Rendah, PP 53/2010 Disosialisasikan SOLSEL, HALUAN — BaMelemahnya kedisiplinan juga dan Kepegawaian Daerah didorong adanya indikasi pejabat (BKD) Solsel mengadakan berwenang di setiap SKPD bermusosialisasi Peraturan Pemekim di luar daerah. Kondisinya rintah Nomor 53 Tahun 2010 menjadikan Kepala SKPD terkait guna meningkatkan kinerja kurang fokus mengelola leading pegawai di lingkup sekretariat sektor yang ia kemasi, apalagi daerah, Rabu (21/12). mengawasi bawahan. Kegiatan yang dihadiri “Bagaimana mungkin pimBupati Solsel Muzni Zakaria, pinan menjatuhkan sanksi kepaWakil Bupati Abdul Rahman, da bawahan mengenai ketidakPlt Sekda Amril Bakri dan disiplinan, padahal ia sendiri tidak pejabat eselon II dan III itu disiplin. Kebanyakan kepala didorong fenomena ketidakSKPD, hari Jumat pagi tidak ada disiplinan Pegawai Negeri lagi dan kembali lagi hari Senin, Sipil (PNS) di lingkungan dan masuk kantor hari Selasa,” MUZNI ZAKARIA Pemkab Solok Selatan. kata Masrial. Informasi yang dihimpun Haluan menunSementara itu, kepala Badan Kepegawaian jukkan banyaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS) Daerah Kabupaten Solsel Ismael, mengatakan, yang tidak disiplin mengenai jam kerja. Pada kegiatan sosialisasi PP Nomor 53 Tahun 2010 umumnya mereka masuk kantor jam 09.00 wib itu dilaksanakan demi memperbaiki kelemahan dan pulang sekitar pukul 15.00 wib. Belum selama ini. Sesuai arahan bupati dan wakil lagi istirahat makan siang, sehingga jam kerja bupati, perlu dilakukan evaluasi kedisiplinan dihabiskan untuk kepentingan non-dinas. pegawai Solok Selatan. Mau tidak mau, bakal Menurut Kepala Bidang Kedisiplinan dan diambil tindakan tegas bagi PNS yang terbukti Kepensiunan BKD Solsel Masrial, kondisi melanggar peraturan pemerintah itu. demikian disebabkan banyak faktor, namun “Ke depan, bupati dan wakil bupati bakal yang dominan adanya faktor geografis. Di mengambil tindakan tegas. Tindakan tegas mana pada umumnya jarak rumah PNS yang maksudnya tentu disesuaikan dengan prosedur bersangkutan berjauhan dengan kantor tempat yang berlaku,” jelasnya. mereka dinas. “Faktor ini mendorong PNS Selama 2011, sudah 15 kasus PNS yang pulang lebih awal karena alasan takut disidangkan melalui majelis pertimbangan kemalaman,” ujarnya. pegawai. Dua orang PNS disidangkan karena Sisi lain, kemoloran jam kerja PNS persoalan izin perceraian dan perkawinan disebabkan belum tersedianya angkutan umum dan satu orang mengundurkan diri sebagai yang menghubungkan daerah kecamatan PNS karena bekerja swasta. dengan pusat kabupaten sehingga terkendala “Jumlah itu meningkat dari sebelumnya dalam hal mobilitas. di tahun 2010 hanya 9 orang saja yang “Pemda memang telah menyediakan tiga disidangkan melalui majelis pertimbangan unit bus, namun jadwalnya tidak teratur, lagian pegawai,” ucap Ismael, Kepala Badan juga terbatas dengan sopir. Dari tiga sopir, seorang Kepegawaian Daerah Solsel saat ditemui Haluan, di antaranya masih suka rela,” katanya lagi. Jumat di ruang kerjanya. (h/col)

Lomba Baju Kurung Basiba Meriahkan Peringatan Hari Ibu KAMIS, 22 Desember 2011, adalah peringatan Hari Ibu ke83, yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia untuk senantiasa mengingatkan kita dan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda, akan makna Hari Ibu sebagai hari kebangkitan serta persatuan dan kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tak terpisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa Indonesia. Dua dasawarsa ini, pembangunan pemberdayaan perempuan telah dilaksanakan. Buktinya, kita dapat melihat kiprah perempuan Indonesia dalam berbagai peranan dan posisi strategis perempuan dalam berbagai keragaman peran. Di Kabupaten Solok Selatan, Hari Ibu dimeriahkan dengan kegiatan Lomba Baju Kurung Basiba di kalangan

remaja putri dan ibu-ibu dari beragam organisasi perempuan. Kegiatan itu merupakan kerja sama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dengan Dinas Budparpora, BPM, PPr dan KB dan Dinas Koperindag yang diikuti oleh 13 orang remaja putri dan 13 orang ibu. Lomba ini tentunya akan berguna dalam menanamkan karakter asli wanita Minangkabau, khususnya membudayakan pemakaian baju kurung basiba yang merupakan kebudayaan asli Nagari Sarantau Sasurambi. Sebagaimana kita ketahui bersama, identitas rang gadih Minang terlihat dari keelokan pakaiannya, yaitu pakaian yang tidak mengumbar aurat dan pakaian yang selalu menjaga pandangan masyarakat. Namun saat ini, ’cemoohan’

sering ditujukan kepada setiap remaja putri yang memakai baju basiba di Minang ini. Sebagian pihak menganggap baju “rang sisuak” itu tidak modis dan tidak menampakkan bentuk lekuk tubuh, sehingga dikatakan kurang mempesona dan kurang sedap dipandang mata. Sebenarnya ungkapan itu terlontar dari mulut-mulut mungil yang belum memahami secara baik eksistensinya sebagai gadis Minang. Malu tampil sebagai rang gadih minang, bundo kanduang dalam nagari, limpapeh rumah nan gadang. “Baju kurung basiba berbeda dengan baju kebaya, karena tidak memperlihatkan bentuk tubuh melainkan longgar dan menutup aurat. Pakaian bundo kanduang sebagai limpapeh rumah nan gadang sesuai dengan falsafah adat Minang-

kabau,” ujar Ketua GOW Solsel Ayu Abdul Rahman. Untuk diingat kembali, kata basiba berasal dari tiga tanda jahitan yang berawal dari ujung ketiak yang diberi pita (bis) sesuai dengan warna baju ditambah lipatan yang indah sebagai penghias baju di bagian pasangan baju (rok). Banyak sekali perbedaan yang terlihat dari baju kurung yang lainnya. Baju basiba juga termasuk ke dalam daftar baju kurung yang longgar dan tidak bersaku serta panjang baju sampai ke bawah lutut. Untuk mempromosikan kerajinan sulam dan batik Solok Selatan, yakni sulam timbul dan batik tulis Solok Selatan, pengrajin diharapkan bisa membuat baju kurung basiba dengan menggunakan media tersebut. Dengan begitu, selain melestarikan kebudayaan

Minangkabau, juga bisa mempromosikan kerajinan asli Solok Selatan. Keistimewaan baju kurung basiba adalah longgar dipakai, sehingga tidak membentuk lekuk tubuh. Sebagai wanita Minang yang menjunjung tinggi Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah, tentunya pakaian ini sangat mendukung hal tersebut. Berbagai motif dan corak melalui sulaman tangan adalah ciri khas bahan dasar baju kurung. Ada yang bermotif daun teh dan sawit. Kebiasaan remaja putri untuk memakai baju kurung basiba akan dapat menghindari tindakan-tindakan pelecehan seksual terhadap anak-anak perempuan. Pakaian-pakaian yang ketat yang mengumbar aurat merupakan hal-hal yang memancing perbuatan asusila terhadap remaja putri.

Untuk itu, marilah kita mulai biasakan dari diri kita sebagai ibu yang menjadi contoh bagi generasi muda penerus bangsa, ibu suri tauladan. Sehingga terwujud wanita Solok Selatan yang sopan, anggun dan bermoral. Dalam lomba tersebut,

untuk tingkat remaja putri, juara pertama hingga peringkat ketiga diraih oleh Bank Nagari, DW Solsel dan Aisyah. Sementara untuk tingkat ibu-ibu, peringkat pertama oleh Bundo Kandung, kedua Bundo Kandung dan DWP peringkat ketiga. (h/icol dianto)

ICOL

INILAH gadis-gadis peserta Lomba Baju Kuruang Basiba pada peringatan Hari Ibu di Solsel.

22 BUKITTINGGI DAN AGAM

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

NATAL DI BUKITTINGGI BERJALAN AMAN

TMSBK Diserbu Pengunjung

BUKITTINGGI, HALUAN — Perayaan natal dari malam misa di beberapa gereja yang ada di Kota Bukittinggi, hingga Minggu (25/12) kemarin, berjalan aman. Saat umat Kristiani melaksanakan malam misa, seluruh gereja yang ada di kota itu di jaga ketat aparat kepolisian berpakaian lengkap maupun preman.

20 Mekanik Ampek Angkek Ikut Pelatihan AMPEK ANGKEK, HALUAN — Dalam rangka mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Agam yang Mandiri, Pemerintah Kecamatan Ampek Angkek mencari beberapa terobosan. Diantaranya menjalin kerjasama dengan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) dan Yayasan Dana Bakti Astra . Bentuk kerjasama ini adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) dibidang mekanik sepeda motor dengan melaksanakan pelatihan mekanik sepeda motor yang diikuti sebanyak 20 orang peserta. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat, tanggal 22 dan 23 Desember 2011 di aula kantor Camat Ampek Angkek. Acara pembukaan kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh pihak LPB yang diwakili Julia. Menurutnya, kegiatan ini adalah salah satu bentuk kegiatan yang diberikan pihak LPB kepada masyarakat dalam rangka peningkatan SDM masyarakat, khususnya dibidang perbengkelan sepeda motor. Dalam kesempatan tersebut, Camat Ampek Angkek H. Endrizal, SE, M.Si menegaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekedar penyampaian informasi, tetapi sangat sarat makna serta menyimpan sejumlah harapan besar lainnya yakni agar ilmu yang diterima dapat diaplikasikan di tempat kerja. Kegiatan ini juga akan dilanjutkan dengan kegiatan lainnya dalam bentuk pembinaan langsung kepada para pemilik bengkel atau pekerja bengkel di Kecamatan Ampek Angkek, serta pembinaan manajemen dan pengembangan usaha bagi 20 orang mekanik tersebut. (h/amc)

Kadisdikpora Agam Terima Penghargaan AGAM, HALUAN — Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Agam, Drs Erwin Umar, M.Pd, menerima penghargaan siswa SMA yang terbanyak masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2011 dari Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. Irwan Prayitno Psi. MSc. Datuak Rajo Bandaro Basa di Padang. “Ini merupakan penghargaan yang luar biasa diperoleh Kabupaten Agam,” kata Kadisdikpora Kabupaten Agam Erwin Umar. Untuk SMA kabupaten/kota di Sumbar, Kabupaten Agam terbanyak meluluskan siswanya ke Perguruan Tinggi Negeri. Agam juga dinyatakan sebagai daerah terbaik dalam mengelola pendidikan di tingkat Provinsi Sumatera Barat. Erwin mengharapkan, penghargaan ini dijadikan sebagai momentum untuk lebih bekerja keras di masa yang akan datang dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Agam. Untuk penghargaan yang diterima, Kadisdikpora Agam tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan pada seluruh jajaran pendidikan di Kabupaten Agam. (h/amc)

NET

SERBU — Ribuan pengunjung, Minggu (25/12) membanjiri Taman Marga Satwa Budaya dan Kinantan, Bukittinggi.

IAIN Pelopor Wilayah Bebas Korupsi

BUKITTINGGI, HALUAN — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang yang usianya sudah 45 tahun, ke depan bertekad menjadi lembaga Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Berlatarbelakang peryataan tersebut, semua program diarahkan dan bertitik tolak pada badan layanan umum (BLU) yang professional dan terukur serta berkarakter. Akan sangat mustahil bila progam WBK ini bisa diterapkan atau akan jalan ketika unsur-unsur pendukung tidak mampu bekerja maksimal, jujur, adil dan berbasis kinerja. Ke depan semua sumber daya manusia (SDM) yang ada di lembaga perguruan tinggi tertua di Ranahminang ini harus punya daya saing dan semangat tinggi serta berlaku disiplin dalam bekerja. Pernyataan tersebut dikemukakan Rektor IAIN Prof. Makmur Syarif didampingi Kabiro AUAK H. Amrul Wahdi, PR I H. Syafruddin, Wakor Kopetais wilayah VI Sumbar Abdurrahman, di Royal Denai Hotel, Jumat (23/12) malam, ketika membuka workshop evaluasi kerja, kinerja

kepegawaian, sertifikasi guru dan rapat koordinasi Kopertais serta keprotokolan yang akan berlangsung hingga Selasa (27/12) mendatang. Menurut Rektor, apa yang telah dilakukan IAIN saat ini dan masa datang tentunya tidak terlepas dari berbagai kelemahan dan kemajuan. Namun sejalan dengan pengelolaan perguruan tinggi yang sudah ternama di Indonesia hingga seantero nusantara, pihaknya ingin lembaga ini menjadi maju dan bertekad dengan aparatur yang ada bekerja maksimal mewujudkan WBK tersebut. ”Kami tidak ingin pernyataan itu hanya sebatas kenyataan saja. Karena, kalau hanya pernyataan sanksi hukum yang akan diterapkan tidak bisa direalisasikan. Lembaga pencetak kader intelektual Islam ini, harus berada di bagian terdepan dengan segala konsekwensinya berusaha dan bekerjasama dengan Pemprov Sumbar, DPRD hingga bupati/wako se-Sumbar memajukan pendidikan. Karena kita punya sejumlah perguruan tinggi Islam yang dikelola oleh yayasan di bawah binaan Kopertais,” ujarnya. (h/rel)

“Perayaan natal di Bukittinggi berjalan aman, tanpa ada insiden atau gangguan apapun,” kata Kapolres Bukittinggi, AKBP Drs Eko Nugrohadi MSI kepada Haluan, Minggu (25/12) siang kemarin. Sementara Kota Bukittinggi yang memiliki magnet Jam Gadang, Ngarai Sianok dan Kebun Binatang, diserbu pengunjung sejak Sabtu lalu, karena bertepatan dengan perayaan natal dan libur nasional. Diperkirakan kepadatan pengunjung ke Bukittinggi akan berakhir dua hari setelah pergantian tahun 2011/ 2012 mendatang. Kepala Taman Marga Satwa Budaya dan Kinantan (TMSBK) Tarmizi Said mengatakan, sejak Sabtu lalu, kunjungan ke kebun binatang atau TMSBK naik dua kali lipat dibanding hari biasa. “Kalau hari biasa, pada hari libur jumlah kunjungan 1.100 orang sehari. Tapi sejak Sabtu tercatat

jumlah kunjungan 2.028 orang. Dan hingga siang ini kunjungan sudah mencapai 2.000 orang,” kata Tarmizi kepada Haluan, Minggu (25/12) siang kemarin. Dikatakan, bagi pengunjung yang masuk TMSBK, dikenakan retribusi Rp8.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak. Khusus untuk rombongan, diberikan diskon 15 persen, sesuai dengan Perda Kota Bukittinggi tentang retribusi TMSBK. Tidak saja TMSBK yang ramai dikunjungi masyarakat yang berdatangan dari daerah tetangga dalam Sumbar bahkan provinsi lain, tetapi pengunjung tidak lupa mengabadikan fotofoto mereka dengan latar belakang Jam Gadang serta Ngarai Siaok. Akibat ramainya pengunjung ke Bukittinggi, pedagang aksesoris dan juru parkir sekitar kawasan Jam Gadang pun ketiban rezeki. (h/jon)

Bundo Kanduang Ampek Angkek Anjangsana ke LP Biaro

AMPEK ANGKEK, HALUAN — Bundo Kanduang Kecamatan Ampek Angkek, Hj Aida Nizar, beserta rombongan melakukan anjang sana ke Lembaga Pemasyarakatan kelas II Biaro. Rombongan yang berjumlah 60 orang disambut langsung oleh Kepala Lapas beserta staf di hadapan 125 orang perwakilan warga binaan dari 393 orang warga binaan yang ada di LP tersebut. Bundo Kanduang Kecamatan Ampek Angkek Hj. Aida Nizar menyampaikan, selaku bundo pihaknya tidak akan membedakan anak, baik pada saat gembira ataupun sedih. Maka melalui peringatan Hari Ibu yang ke-83 rombongan bundo kanduang hadir di LP ini sebagai wujud perasaan seorang bundo dengan anaknya yang tidak dapat dipisahkan. Lebih lanjut disampaikan,

seandainya ada kekhilafan dalam perjalanan kehidupan warga binaan, maka inilah kesempatan yang paling tepat untuk memperbaikinya agar kehidupan mereka diridhoi oleh Allah. Pada kesempatan tersebut, Kepala Lapas Suherman mengucapkan terima kasih atas kehadiran rombongan bundo kanduang, Camat Ampek Angkek H. Endrizal, SE, M.Si dan Kapolsek Ampek Angkek Canduang AKP. Rita Suryani. Kapolsek Ampek Angkek Canduang AKP Rita Suryani menyatakan bahwa masyarakat tidak pernah marah kepada warga binaan di sini. Masyarakat pasti akan menyambut jika para warga binaan yang telah selesai menjalankan masa pembinaan, mau merubah hidup mereka ke arah yang lebih baik. Apabila masyarakat menjalankan kehidupan sesuai aturan,

pasti semuanya akan normal. Namun, sesuai dengan aturan yang ada, aparat kepolisian pasti akan menindak tegas siapapun yang melanggar aturan yang telah dibuat. Anjangsana semakin terharu dengan siraman rohani yang diberikan oleh KUA Ampek Angkek Syafalmart S. Ag. Raut wajah warga binaan terlihat serius. Nampaknya mereka telah bertekad tidak akan mengulangi kekhilafan ataupun kesalahannya di masa lalu, dan akan menatap masa depan yang lebih cemerlang dengan optimis. Camat Ampek Angkek H. Endrizal, SE, M.Si semakin memberikan kesejukan. Camat menyatakan akan mensinkronkan dan melibatkan warga binaan dalam kegiatan kecamatan, utamanya dalam kegiatan olahraga dan siraman rohani. (h/amc)

Malam Anugerah Lomba Cipta Lagu Minang Sepi Pengunjung

BUKITTINGGI, HALUAN — Dalam rangkaian kegiatan Ulang Tahun Hari Jadi kota Bukittinggi yang ke 227, Pemko Bukittinggi melalui Disbudpar memberikan anugerah terhadap 12 pencipta lagu Minang terbaik dan foto pesona wisata. Kepala Dinas Budpar Bukittinggi Kaslim Burhan

mengatakan, ini baru kali pertama pemko memberikan anugerah atau penghargaan terhadap pencipta lagu Minang yang menghasilkan karya-karya terbaik mereka. “Mudah-mudahan untuk tahun berikutnya, penghargaan seperti ini akan diberikan kepada para seniman Bukittinggi,” kata Kaslim Burhan. Pada acara yang disebut Malam Anugerah 12 Tembang Terbaik Lomba Cipta Lagu Minang 2011 dan Lomba Foto

Pesona Wisata Bukittinggi 2011 itu, tampak hadir Sekda Bukittinggi Yuen Karnova, Ketua DPRD Rachmat Aris dan beberapa anggota DPRD Bukittinggi lainnya. Nam un sangat disayangkan, kegiatan tersebut ternyata sepi pengunjung. Meski kegiatan tersebut dikatakan bagian dari rangkaian peringatan HJK ke 227 kota Bukittinggi, namun tidak terlihat sama sekali tanda-tanda kegiatan tersebut di dalam ruangan gedung Tri Arga sebagai tempat pelak-

sanaan acara. Apalagi umbulumbul di dalam Kota Bukittinggi, sebagai tanda bahwa ada malam anugerah untuk menghargai karya-karya terbaik seniman Kota Bukittinggi. Salah seorang anggota DPRD, H Anggun, menagku sangat kecewa dengan pagelaran malam anugerah tersebut. Selain tidak ada umbul-umbul sama sekali, dari sedikit pengunjung yang datang ke acara itu, hampir tidak terlihat hadir kepala-kepala SKPD di Bukittinggi.

“Saya sebagai seniman sangat tersinggung dengan acara ini. Karena melahirkan sebuah karya dalam bentuk lagu atau foto bukan hal yang biasa, tetapi sangat luar biasa,” kata politisi dari PKS itu. Karenanya, ia meminta pihak pemko untuk lebih serius memperhatikan seniman Bukittinggi. Alasannya, cukup banyak karya yang telah mereka lahirkan. Mereka juga punya andil besar dalam perkembangan dunia pariwisata Kota Bukittinggi. (h/jon)

nggak sempat baca

klik kami di www.harianhaluan.com

Lansek Manih FM (LANIS FM) Frequensi (FM) 93,6 MHz (FM) Power Suport 1000 Watt ( Blues 30 NV) Alamat Studio/Office : Jl.Sudirman No.191 Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung. Telp. ( 0754) 20173-20553 Fax. 0754.20158 Email : lansekmanihfm@yahoo.co.id LANSEK MANIH FM “ Penyampai Informasi Pembangunan dan Penyejuk Hati Anak Nagari”

PAYAKUMBUH 23

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

PAYAKUMBUH, HALUAN — NV (13) tahun, tega berbuat tak senonoh kepada Bunga (bukan nama sebenarnya), yang baru berumur delapan tahun. Kuat dugaan, perbuatan ini dilakukan NV karena sebelumnya ia sering menonton video porno di warnet. Perbuatan tersangka NV yang hanya tamatan SD ini, menurut pengakuan Bunga dilakukan di rumah korban, Sabtu pekan lalu, sekitar pukul 13.30 WIB. Bunga yang masih polos, akhirnya menceritakan hal ini kepada keluarganya, termasuk kakak korban. Hari itu, Bunga tengah bermainmain sendiri di dekat rumahnya. Kesendirian Bunga tampaknya membuat NV berfikir punya kesempatan untuk mengerjainya. Sontak setelah mendengar pengakuan korban, keluarga Bunga, dipimpin sang kakak, menemui tersangka di tempat kosnya. Polisi kebetulan mendapat informasi tentang persoalan ini. Satreskrim Polres Payakumbuh segera bergerak. Tersangka yang berstatus pengangguran itu, hampir saja jadi bulan-bulanan massa. Kakak korban terlanjur emosi dan marah. Polisipun segera mengamankan tersangka ke Mapolres Payakumbuh di Jalan Pahlawan Payakumbuh. Tersangka yang beralamat di Kelurahan Padang Alai Kota Payakumbuh ini, mengaku sering menonton vcd porno. ”Tersangka ditahan polisi guna penyidikan lebih lanjut,” ujar Kapolres Payakumbuh AKBP Ano Munarto SH SIk melalui Kasatreskrim AKP Jefrizal Jaharun. Kasus ini kini ditangani Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Payakumbuh. Akibat NV telah melakukan tindakan tidak senonoh kepada Bunga, Bunga pun merasa tidak nyaman dan akhirnya mengadukan persoalan tersebut ke pihak keluarga. Yang lebih mengejutkan, rupanya, korban sudah dua kali dikerjai NV. Tidak sekali itu saja, ternyata. ”Saya mengaku khilaf. Saya tergoda. Saya sering menonton video porno di warnet. Makanya, saya terangsang,” akunya ke penyidik di PPA. Korban pun divisum ke rumah sakit. Hasilnya, memang tak ada bekas luka atau kerusakan di alat vital korban. Kasatreskrim AKP Jefrizal Jaharun mengatakan akan mengembangkan kasus ini. ”Pelaku akan dijerat pasal berlapis. Pasal 82 UU RI Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Serta pasal 292 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara,” ungkap Kasatreskrim. Pasal 82 UU RI Nomor 23 Tahun 2002, berbunyi, ”Setiap orang yang dengan sengaja melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan, memaksa, melakukan tipu muslihat, serangkaian kebohongan, atau membujuk anak untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul, dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan paling singkat 3 (tiga) tahun dan denda paling banyak Rp 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah) dan paling sedikit Rp 60.000.000,00 (enam puluh juta rupiah).” (h/dod)

Tim 7 Razia, Anak Hisap Lem Dicokok PAYAKUMBUH, HALUAN — Sejak Jumat siang pekan lalu, Tim 7 Kota Payakumbuh yang terdiri dari gabungan aparat TNI, Polri, dan Pol PP, menggelar operasi penertiban. Sayang, operasi ini kembali menemukan pelanggar Perda yang itu ke itu juga.

DODI SYAHPUTRA

Adik Dicabuli, Kakak Mengamuk

Persoalan minuman keras jenis tuak kembali meruap. Ruslina Sinaga (60) yang akrab dipanggil Inang, yang membuka kedai di tepi jalan Tan Malaka Payakumbuh itu, kembali menjadi sasaran operasi. Hasilnya, dua jeriken tuak kembali ditemukan berada di warung yang berada di tepi sawah arah ke Ibuah itu. Dalam razia Jumat malam lalu itu, juga banyak ditemukan kendaraan bermotor yang diawaki oleh anak muda tanpa dilengkapi kelengkapan sesuai ketentuan. Banyak diantara mereka yang tidak memakai helm. Akibat kedatangan tim yang mendadak ini, para anak muda itu kaget alang kepalang. Khususnya yang tengah berhenti di depan warung Inang, mereka tampak sangat ketakutan. Kontan mereka langsung kocar-kacir. Bahkan sebagian diantaranya ada yang sempat terjatuh. Razia lalu dilanjutkan ke kawasan Padang Tinggi. Tim 7 yang dikomandoi Kasat Pol PP Fauzi Firdaus akhirnya menggiring pemilik warung di sana. Ridwan alias Godok (60), sang pemilik warung, sebetulnya sudah berkali-kali dirazia. Di warungnya ditemukan barang bukti dan karena itu yang bersangkutan diharuskan untuk mengikuti sidang tindak pidana ringan. ”Berkali-kali pula Ridwan ini mangkir. Sudah berulang kali dipanggil, tidak ia indahkan,” ujar Fauzi Firdaus di lokasi warung Godok. Hisap Lem Di bendungan Talawi, Payakumbuh Utara, Tim 7 berhasil menangkap tujuh anak usia sekolah yang tengah mengisap kaleng lem dengan nikmatnya. Rata-rata dari usia anak-anak ini, masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Anak-anak ini kemudian diangkut ke Mako Tim 7 di Bukik Sibaluik, dan dinasehati. Mereka lalu diminta untuk menandatangani surat perjanjian tidak akan mengulangi perbuatannya. Kemudian, ke tujuh anak ini dilepas kembali oleh Tim 7 Kota Payakumbuh. (h/dod)

Razia — Petugas dari Tim 7 tengah mengintrogasi salah seorang pemilik kedai yang kedapatan menjual tuak.

DRS. SUWANDEL MUCHTAR

Tingkatkan Income Masyarakat

PAYAKUMBUH, HALUAN — Menjelang tutup tahun 2011 dan memasuki tahun baru 2012, sehubungan akan dilangsungkannya Pemilukada Juli 2012 mendatang, suhu politik di Kota Batiah Payakumbuh, bakal makin meningkat. Apalagi setelah nama nama calon walikota dan wawako jaringan LPI diumumkan nanti. Putra daerah Drs. Suwandel Muchtar, menjelang penyerahan formulir pendaftaran kepada wartawan, Sabtu (24/12) mengatakan, kalau dipercaya masyarakat untuk memimpin Kota Payakumbuh periode 2012–2016 mendatang, akan berupaya mengangkat income atau pendapatan masyarakat. Menurut dia, Kota Payakumbuh dikenal sebagai penghasil beragam makanan ringan, penghasil telur, ikan, serta barang perdagangan lainnya, akan lebih ditingkatkan lagi nantinya. Gedung promosi UMKM Payakumbuh yang ada di Ngalau dan kini belum difungsikan sebagaimana yang diprogramkan, karena sebagian telah menjadi kantor Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga, agar

dikembalikan pada fungsi awal, ulasnya. Fakultas-fakultas yang belum ada di Kota Payakumbuh juga akan diprogramkan pembangunannya secara bertahap. Kecuali untuk fakultas kedokteran, karena biayanya cukup mahal, sehingga tetap berada di Padang. Begitu juga dengan sarana dan prasarana bagi generasi muda dan olahraga yang agak terpinggirkan selama ini, akan dilengkapi. “Potensi generasi muda akan dimanfaatkan maksimal,” kata Suwandel, mantan Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Andalas ini. Siapa yang bakal menjadi Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh, itu sudah ada dan Allah tentu mengetahui. Namun kita perlu berjuang dan berusaha. Bak kata orang tua tua, nasi di piring saja kalau tidak disuap, tidak akan masuk ke dalam mulut. “Itulah sebabnya kita dituntut berusaha dan berjuang, semoga diizinkan Allah,“ tambah Suwandel, yang mengakui telah tiga kali mencalonkan diri sebagai walikota pada periode sebelumnya. Dalam kesempatan menyerahkan formulir pendaftaran ke DPD Partai

Luhak Nan Bungsu Mobil Damkar Baru Segera Beroperasi LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota yang baru, segera beroperasi. Sehingga jumlah damkar yang ada bertambah menjadi lima unit dan diharapkan lebih mampu menjangkau wilayan yang berada jauh dari pusat kabupatan. “BPBD sebelumnya hanya mengoperasikan tiga mobil damkar dengan personil yang masih terbatas, hanya 14 orang. Namun kami masih mampu memenuhi harapan masyarakat bila terjadi kebakaran, karena jam kerja personil dilakukan tiga shift,” ungkap Kepala Bidang Kebencanaan dan Logistik, BPBD Limapuluh Kota, Firmansyah di kantornya, Jumat (23/12). Dengan diperolehnya dua unit mobil damkar yang baru, maka BPBD Limapuluh Kota, merencanakan mendirikan dua pos baru di kecamatan. Untuk memudahkan pelayanan damkar ke berbagai wilayan Limapuluh Kota, masing-masing kecamatan dilengkapi dengan satu unit mobil damkar. Pos dimaksud, direncanakan di Suliki. Wilayah kerjanya termasuk Kecamatan Gunung Omeh dan Bukik Barisan. Satu lagi direncanakan di Kecamatan Pangkalan, dengan wilayah kerjanya termasuk Kecamatan Kapur IX. “Secara bertahap daerah yang jauh dari pusat ibukota akan terjangkau pelayanan mobil damkar,” ulasnya. Dikatakan, personil ke lima mobil damkar tersebut idealnya sebanyak 35 orang. Artinya, satu mobil tujuh awak. Maksimal BPBD butuh personil pemadam kebakaran sebanyak 30 orang lagi, sehingga mampu berjalan efektif. Sebab personil damkar sebagai tulang punggung BPBD, selain menanggulangi kebakaran juga bencana alam dan non alam. (h/zkf)

LIMAPULUH KOTA

PROYEK NORMALISASI BATANG SINAMAR

Kontrak Berakhir, Realisasi tak Jelas

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Proyek normalisasi Batang Sinamar, dengan kegiatan rehabilitasi/pemeliharaan bantaran, tanggul dan perkuatan tebing sungai di Nagari Balai Panjang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, yang dijadwalkan selama 8 bulan mulai 1 April 2011 sudah berakhir kontraknya awal Desember ini.

ZULKIFLI

BUPATI Limapuluh Kota, Alis Marajo, menyerahkan bonus kepada kafilah MTQ yang berlaga di Dharmasraya belum lama ini.

Pemberian Bonus Kafilah Terealisasi

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Bonus yang dijanjikan Pemkab Limapuluh Kota, kepada kafilah MTQ Limapuluh Kota yang berprestasi pada MTQ Sumatera Barat ke34 di Dharmasraya, benarbenar jadi kenyataan. Bupati Alis Marajo, langsung menyerahkan bonus tersebut, dalam acara silaturahim dan pembubaran panitia MTQ Limapuluh Kota, di rumah dinas bupati di Labuah Basilang, Sabtu (24/ 12) malam. Bonus yang diterima kafilah MTQ Limapuluh Kota,

Golkar Kota Payakumbuh, Sabtu (24/ 12) itu, kader Golkar provinsi yang putera Kota Payakumbuh ini diterima Wakil Ketua DPD Golkar dan pengurus, masing masing Mirwan, SH, Chairul, Afdal Tabrani dan sejumlah pengurus lainnya. Dalam kesempatan itu, juga berkembang saran, agar nanti tim LSI lebih transparan. Hasil survei tim harus terbuka. Apalagi Partai Golkar memiliki suara rakyat. “Jadi siapa saja yang terjaring oleh tim, harus diumumkan segera,” ulas Suwandel Mukhtar. Dari informasi yang berkembang, tim independen LSI dari DPP Partai Golkar sudah turun ke Payakumbuh. “Namun identitas anggota yang turun tidak kita dikenal,” kata Mirwan, yang menerima formulir pendaftaran balon menambahkan. Dari informasi yang dihimpun Haluan, di DPD Partai Golkar Kota Payakumbuh, balon yang sudah mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon walikota sebanyak 28 orang. Yang telah mengembalikan 11 orang. Dua dari kader Golkar yang telah mengembalikan, termasuk diantaranya Suwandel Muchtar. (h/zkf)

juara I menerima Rp12 juta, juara II perorangan Rp 6 juta, juara II group Rp 13,5 juta, dan juara III mendapat sebesar Rp5 juta. Kemudian untuk juara harapan I sebesar Rp1,25 juta, harapan II perorangan Rp1 juta dan harapan II group Rp1,3 juta. Penyerahan bonus dihadiri Sekretaris Daerah, Drs. Resman, MPd,MH, Kepala Kantor Kementerian Agama Limapuluh Kota, Drs. Gusman Piliang, unsur pengurus MUI Limapuluh Kota, Asisten, sejumlah kepala SKPD, camat

dan wali nagari, para qori dan qoriah, pelatih dan pembina kafilah. Bupati Alis Marajo dalam kesempatan itu mengatakan, meski telah berhasil memperoleh peringkat ke-4 pada MTQ Nasional Sumatera Barat ke-34 di Dharmasraya, namun setiap qori dan qoriah yang berprestasi dan yang belum berprestasi, tetap diberikan bonus dan penghargaan. Alasannya, karena mereka telah berjuang untuk mengharumkan nama daerah. Menurut dia, pemenang

cabang tilawah cacat netra (Pa) Afrizal dan putri Aulia Rahmani sebagai pemenang Tartil Menengah (Pi) pada penampilannya ketika membaca Alquran sangat memukau. Begitu juga dengan pemenang cabang Tahril Quran (group) yang dibawakan Menagusti, Fisma Amri dan Gina Wirsal, mengawali kegiatan silaturahim dan penyerahan bonus. Pada bagian lain diinformasikan Alis, hari ke 405 pasangan kepala daerah ini melaksanakan tugas sebagai bupati dan wakil bupati,

merupakan hari yang bersejarah. Karena hari ini, pasangan tersebut mendapat nikmat yang besar dari Allah Swt, yang dibuktikan keberhasilan para qori dan qoriah meraih peringkat ke-4 di Damasraya. Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, sangat respon dengan kegiatan bidang keagamaan, karena kegiatan itu menjadi urutan teratas pada misi Pemkab Limapuluh Kota yang disusun dan ditetapkan sebagai acuan dalam kerangka kepemimpinan pemerintahan periode 2010–2015. (h/zkf)

Walau kontraknya berakhir, pekerjaan proyek normalisasi Batang Sinamar yang menelan dana miliaran rupiah itu, tidak jelas realisasinya. Kenyataan yang terjadi di lapangan, turap atau tebing galian pelurusan Batang Sinamar yang dijadikan sebagai pembatas sungai, sudah tiga bulan lampau roboh dihanyutkan air. Pantauan Haluan ke lokasi, Sabtu (24/12), terlihat Batang Sinamar menjadi lebih luas. Sebelumnya lebar sungai mencapai 25 meter, dan saat ini sudah menjadi sekitar 50 meter. Kondisi tersebut rawan menimbulkan pengikisan tebing sawah penduduk setempat, karena derasnya hantaman aliran Batang Sinamar di kawasan itu. Keterangan sejumlah masyarakat Nagari Balai Panjang, yang enggan disebut jati dirinya, pembangunan normalisasi Batang Sinamar tersebut, duduga kurang perencanaan dan pengawasan. Akibatnya, proyek normalisasi batang Sinamar tahun 2011 ini terkesan mubazir. Realisasi proyek juga tidak jelas walau kontraknya sudah berakhir Desember ini. Keprihatinan warga itu, juga juga disampaikan Walinagari Balai Panjang, Yuharnis Bahar Dt.Tn Putiah. Menurutnya, pihak pengelola proyek maupun kontraktornya, tidak melibatkan pemerintahan nagari maupun pemuka masyarakat setempat. Menurutnya, bila proyek tersebut tidak berfungsi, maka sepanjang 2 km sawah masyarakat yang berada di sepanjang pinggir Batang Sinamar tetap

akan terancam pengikisan tebing. Karena selama ini, ketika banjir menerjang, sudah cukup banyak sawah warga yang terjun masuk ke Batang Sinamar “Menurut yang kami dengar, semula pelurusan Batang Sinamar itu, untuk memperlancar aliran air, guna mencegah terjadinya banjir kiriman di musim penghujan. Namun kenyataannya, belum ada manfaatnya bagi masyarakat. Bahkan Batang Sinamar jadi bertambah lebar dan merobohkan tanah masyarakat di pinggirannya. Padahal dana yang tercantum di papan plank nama proyek untuk pekerjaan keseluruhan mencapai Rp9,9 miliar lebih,” ulasnya. Aktivis Peduli Nagari Luak Limopuluah, Yudilfan Habib, mempertanyakan keseriusan pihak terkait. Mulai dari kontraktor, PPTK maupun Dinas PU sebagai penanggung jawab proyek. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota, Azril Tamin, sebelumnya menegaskan, proyek tersebut ditangani Lembaga Pasca Bencana Alam, bukan oleh lembaga BPBD. Penanggung jawabnya langsung Kepala Dinas PU, Yusdianto Yuswar dan PPTK dipegang Ismet Nanda Mahkota. Kepala Dinas PU Limapuluh Kota, Yusdianto Yuswar, yang hendak dikonfirmasi sekitar tersendatnya pembangunan normalisasi Batang Sinamar, khususnya yang berlokasi di Balai Panjang, tidak dapat dihubungi. (h/zkf)

24 SUMATERA BARAT NATAL DI PASBAR

Polres Siagakan 128 Personil PASBAR, HALUAN — Guna menciptakan suasana kondusif dan pengamanan peringatan hari Natal 2011, Minggu kemarin, Polres Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mensiagakan sedikitnya 128 orang personel Kepolisian Pasbar. “Para anggota ini kita siagakan di gereja-gereja di Pasbar dengan jumlah 5 hingga 7 orang,” kata Kapolres melalui Kabag Ops Polres Pasbar Kompol Erdiman wartawan Minggu (25/12). “Kami siaga bersama intansi Pemkab Pasbar yang terdiri dari Dinas Perhubungan Dan Kominfo, Sat Pol PP, Pemadam Kebakaran dan pihak-pihak lainya,” katanya. Menurutnya, untuk kabupaten Pasbar sedikitnya ada sekitar 10 gereja yang terletak di Kecamatan Luhak Nan Duo serta Kecamatan Kinali Pasbar. “Upaya ini, merupakan salah satu bentuk kesiapan jajaran Polres Pasbar dibantu instansi terkait lainnya untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dalam menyambut dan merayakan hari natal,” ujar Erdiman. Tidak hanya itu saja, untuk menghadapi tahun baru 2012, Polres Pasbar juga mendirikan dua pos pengamanan lalu lintas yang didirikan di Simpang Tigo dan Simpang Ampek. Pos ini sekaligus menjaga arus lalu lintas guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan, serta melakukan pengawasan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminal. Hingga berita ini diturunkan, kondisi keamanan di Pasbar tampak kondusif. Namun jajarannya tidak mau kecolongan dan akan tetap selalu waspada. Tempat keramaian seperti halnya objek wisata dan tempat-tempat lainnya masuk dalam daftar prioritas pengamanan. Para petugas akan ditempatkan di berbagai titik strategis yang merupakan tempat kosentrasi massa. (h/nir)

SENIN, 26 DESEMBER 2011 M 30 MUHARAM 1433 H

PAKAI DANA PERUSDA UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI

Mendalardi Diperiksa Jaksa PIPUK FIRMAN PRIYADI SH

SIJUNJUNG, HALUAN — Memakai dana Perusda Binuang Sejahtera untuk kepentingan perusahaan pribadi, Mendalardi akhirnya terjerat persoalan hukum.

Dirut Perusda yang mengelola Sejahtera Mendalardi sebanyak sebagai salah satu perusahaan “Pengurus Perusda hanya dua perkebunan milik Pemkab Sijun- lima kali. Saat dilakukan peme- daerah, Perusda Binuang Sejahorang, bertiga dengan Dirut. jung ini ditenggarai telah mema- riksaan, Mendalardi tidak bisa tera ini hanya dikelola oleh tiga Kondisi ini memungkinkan penyekai dana Perusda Sibinuang menjelaskan (mempertanggung- orang pengurus. Salah satunya lewengan dilakukan dengan sisSejahtera sebesar Rp1,8 miliar jawabkan) dana sebesar Rp1,8 bendahara dan satunya lagi timatik. Badan pengawas dan pihak dari Rp2,5 miliar dana opera- miliar ini. “Hanya sisanya yang Mendalardi selaku Dirut. Dalam terkait lain dalam proses pengusional yang dikucurkan Pemkab bisa ia pertanggungjawabkan,” mengungkap kasus ini, badan curan dana penyertaan modal tahun 2009 lalu. Pemkab ini juga sudah dimintai tukas Pipuk Firman Priyadi lagi. pengawas dan pihak terkait “Dari penyelidikan yang kita keterangan, sehingga kasusnya Keganjilan lainnya, lanjut lainnya di Pemkab Sijunjung juga lakukan, sebesar Rp1,8 miliar Pipuk Firman Priyadi lagi, sudah dimintai keterangan. makin jelas,” tandasnya. (h/nop) dana operasional dipakai (pinjam) M untuk kepentingan peABRASI PASIR PUTIH KAMBANG MINGGU MALAM (25/12) rusahaan pribadi. Seharusnya, kalau mau pinjam uang, yang bersangkutan bisa langsung meminjamnya kepada pihak perbankan. Bukannya memaLaporan: kai dana Perusda dimaHaridman Kambang na M sendiri selaku Dirutnya,” kata Kepala INGGU (25/12) senja, Kejari Sijunjung Pipuk mentari nyaris tengFirman Priyadi SH, gelam. Kemudian suara kemarin. azan menggema dari Menurut Pipuk, dalam penyelidikan puncak masjid sekitar kawasan kasus ini, pihaknya Pasir Putih Kambang, Kecamatan sudah memeriksa Dirut Lengayang, Kabupaten Pesisir Perusda Binuang Selatan. Setelah mentari tenggelam, Pasir Putih Kambang mulai dibalut gelap. Air pasangpun mulai naik drastis. Selanjutnya diiringi ombak ombak besar menghantam bangunan. Selepas magrib, warga yang terdiri dari perempuan dan anak anak berkumpul di pinggir jalan nasional untuk mengungsi. Soalnya, rumah mereka sudah rusak HARIDMAN berat. Sebagian sudah runtuh. Mereka duduk berkelompok- AMBRUK — Salahsatu rumah warga yang ambruk akibat abrasi kelompok. Bersama mereka juga tampak tumpukan peralatan rumah meter hingga satu setengah meter masa kritis air pasang anak bulan tangga, mebel dan perkakas lebih tinggi dari biasanya. Alhasil itu berakhir. Air laut mulai lainnya. Adapula yang menggelar ombak memecah di tebing, bukan tersentak turun, tertarik agak ke tikar dan kasur di sana. di pantai. Air laut kemudian tengah. Ombak berkurang dan Sementara kaum laki laki merembes ke jalan nasional dan tidak lagi menghempas di atas dewasa bergerak ke pinggir deburan menggenangi pekarangan warga. tebing dan di rumah penduduk. ombak yang persis memecah di Dalam duduk itu, warga sekitar Warga setempat mulai menyebar ruang tamu yang tersisa. Mereka setiap waktu selalu mendengar dan berani ke rumah masing tetap berusaha menyelamat sesuatu bunyi suara bangunan yang runtuh. masing. yang dianggap masih bisa diman- Kadang suaranya keras, kadang Satu jam hari Minggu malam faatkan. Misalnya, potongan kayu, ada juga yang lambat dan sayup itu ternyata telah menimbulkan seng dan lain lain yang tersisa sayup. Tergantung besar kecilnya dampak kerusakan sangat serius. digerus ombak. Mereka berebutan material yang runtuh dan tercebur Sebuah rumah warga rata dengan dengan hempasan ombak itu. ke laut. Suasana direntang waktu tanah. Rumah itu milik Yeni. Pukul 19.00 WIB hingga 20.00 satu jam itu sungguh mencekam Selanjutnya rumah Sisau, di bagian WIB adalah puncak air pasang dan mendebarkan. belakang berkurang delapan meter. dan puncak amukan ombak. Warga, ketika mendengar ada Kedai nasi milik Ita juga runtuh, Penulis bersama sejumlah tokoh suara gemuruh dan dentuman dan berkemungkinan tidak bisa masyarakat di sana, misalnya hanya bisa mengurut dada. Mena- lagi dimanfaatkan. Yusrizal, Ketua Bamus Kambang han nafas, kemudian saling bertaSatu jam itu juga telah menyeBarat, H Syaf dan lainnya yang nya giliran rumah siapa yang dapat babkan jarak antara pinggir pantai ada di Pasir Putih Kambang duduk “jatah” runtuh. Dentuman rumah dengan jalan nasional semakin di sisa bangunan Toko Metik. runtuh itu seketika memang tidak dekat. Yah, sekitar delapan hingga Posisinya sekitar 300 meter dari bisa dijawab, soalnya begitu sulit sepuluh meter lagi. “Satu kali jalan runtuh akibat banjir bandang memastikan posisinya dimana. musim pasang lagi, berkemung3 November lalu. Duduk di bawah Satu jam yang mencekam di kinan bibir pantai sudah berada temaram lampu mengamati ombak Minggu malam itu terasa begitu dipinggir jalan,” kata Yusrizal. yang besar dan memperhatikan lama berakhir. Dentuman bunyi Selain rumah dan dekatnya bibir kemungkinan-kemungkinan lain- rumah runtuh terus menggema di pantai ke jalan, puluhan pohon juga nya yang akan terjadi. kawasan Pasir Putih. Dentuman bertumbangan malam itu. Pohon Dalam rentang pukul 19.00 itu membuat jantung warga disana kelapa, cemara laut, dan bermacam WIB hingga-20.00 WIB, kami rasa mau copot. Meski dalam hati jenis tanaman pantai lainnya. saksikan keganasan ombak mengi- telah menyerahkan ke Yang Maha Sementara itu warga yang kis sekaligus memusnahkan pinggir Kuasa, mereka tetap berharap mengandalkan mata pencaharian pantai dan pemukiman warga. rumah mereka masih ada tersisa. melalui usaha warung nasi Permukaan air laut jauh lebih Akhirnya jarum jam menun- dipastikan tidak bisa lagi melakukan tinggi dari biasanya, sekitar satu jukkan pukul 20.00 WIB. Masa aktifitas ekonomi. (***)

Satu Jam yang Mencekam

M

Bangun Kecerdasan Lokal Masyarakat

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota, tahun anggaran 2012 mendatang akan memprogramkan gerakan pembangunan gotong royong penanggulangan kemiskinan, membangun kecerdasan lokal masyarakat. Program tersebut dilaksanakan dengan berbagai kegiatan itu tidak muluk muluk, tapi kegiatan yang mungkin dilaksanakan. Kepala Bappeda Limapuluh Kota, Novian Burano, dalam keterangannya kepada Haluan di kantornya, Jumat (23/12) menuturkan, kegiatan itu diantaranya mencetak stiker untuk dijual kepada masya-

rakat perantau dan kampung halaman. Dana yang terkumpul dari penjualan stiker digunakan untuk pemberdayaan masyarakat kurang mampu di Limapuluh Kota. Selain itu, menghidupkan lagi pengumpulan beras genggam dari masyarakat. Kepada mereka diharapkan menyisihkan sedikit beras konsumsi yang akan dimasak. Program itu akan bekerjasama dengan pengurus PKK Limapuluh Kota, kecamatan dan nagari. Pemkab juga merencanakan membuat celengan bekerjasama dengan pengurus masjid. Celengan selain ditempatkan di masjid juga di seputar pasar, warung dan tempat

lain yang memungkinkan, ulasnya. Melalui pengumpulan beras gemgam dan celengan, lanjut Novian Burano, diyakini pengentasan kemiskinan di daerah ini, akan semakin terarah. Untuk mengoptimalkan kegiatan itu, tentu dibentuk badan atau koordinator yang akan melaksanakan kegiatan dan bertanggung jawab dengan pengupulan dana tersebut. “Gerakan pembangunan gotong royong penanggulangan kemiskian itu, rencananya akan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Budiono, bersamaan dengan peresmian pemakaian jalan layang Kelok IX,“ sebutnya. (h/zkf)


Haluan 26 Desember 2011