Issuu on Google+

Profile

Leisure

Resto

Venue

Budhi Hendarto

Pulau Bidadari, Eksotisme Pasir Putih dan Sunset h.48

Keyaki Japanese Restaurant h.56

Wonderful Meeting at Quest Hotel

Menduniakan Minuman Khas Indonesia h.44

h.58

Volume 6 Edisi 6 I Juni 2011 I Rp 35.000

JAKARTA FAIR 2011, BIG EVENT BIG OPPORTUNITY

Jakarta Fair 2011

Volume 6 Edisi 6 â–  Juni 2011

Big Event

Big Opportunity

Meetin g

|

In centi ve

|

Conve ntion

|

Exhib it ion

Contents Edisi 6 | Juni 2011

Profile

Leisure

Resto

Venue

Budhi Hendarto

Pulau Bidadari, Eksotisme Pasir Putih dan Sunset h.48

Keyaki Japanese Restaurant h.56

Wonderful Meeting at Quest Hotel

Menduniakan Minuman Khas Indonesia h.44

h.58

Volume 6 Edisi 6 I Juni 2011 I Rp 35.000

20

Event Besar Peluang Besar Jakarta Fair 2011

Big Event

BIG Opportunity

Meet in g

|

Inc e nti ve

|

C onve nt i on

|

Jakarta Fair Kemayoran 2011 menargetkan 4 juta pengunjung. Dengan rentang waktu penyelenggaraan selama 32 hari, JFK menjadi event terlama dan terbesar di Indonesia.

Ex hi b i t i on

8 Agenda Event The 19th Indonesia International Motor Show (IIMS) Indonesia International Motor Show (IIMS) merupakan barometer ajang industri otomotif Indonesia untuk mempertunjukkan kemampuan industri ini menjadi salah satu pilar pembangunan ekonomi kreatif, dan sekaligus ajang untuk menampilkan kemajuan yang dicapai oleh industri otomotif lokal di dunia internasional.

Tahun lalu IIMS yang digelar di Arena PRJ Kemayoran, Jakarta ini menyedot perhatian sekitar 250.000 pengunjung dalam 10 (sepuluh) hari penyelenggaraannya.

12 Agenda Event Jatim Fair 2011 Setelah sukses dengan gelar pameran akbar Jatim Fair 2010, pada 8 – 17 Oktober 2010, PT Jakarta International Expo bekerja sama dengan PT Debindo Mitra Tama dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, akan kembali menggelar event serupa pada 2011 ini.

16

Interview Irwan Hidayat Nama Irwan Hidayat identik dengan industri jamu di Tanah Air. Irwan adalah salah satu icon ‘perjalanan dan reputasi’ jamu Indonesia. Di tangan pria kelahiran Yogyakarta ini, jamu terus berkilau bagaikan permata manikam.

2I

I Juni 2011

34

Infocus Trisuci Waisak di Borobudur Puncak peringatan Trisuci Waisak 2555 BE / 2011 digelar secara penuh khidmat oleh umat Buddha di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada 17 Mei 2011.

Contents Edisi 6 | Juni 2011

44 Profile

Budhi Hendarto Menduniakan Minuman Khas Indonesia

40

Ideas Indonesia Menjadikan MICE sebagai Primadona (?) Pada tanggal 27 Desember 2010 telah di-launching oleh Menbudpar branding pariwisata Indonesia adalah Wonderful Indonesia dan tema visit Indonesia year 2011 yakni Eco, Culture and MICE. Jadi tema tentang MICE kembali muncul tahun 2011 setelah tahun lalu MICE digabung dengan Marine.

48

Leisure

Eksotisme Pasir Putih dan Pemandangan Sunset di Pulau Bidadari

42 Klinik Event Merajut Payung Event Insurance Bayangkan kita sedang siap-siap untuk melakukan suatu kegiatan pameran atau pertunjukan atau festival dan sejenisnya. Dalam salah satu rapat persiapan teknis pasti seseorang yang berkepentingan dalam urusan manajemen risiko akan berteriak untuk memiliki sebuah payung asuransi yang pakem yang bisa memayungi semua risiko yang mungkin terjadi.

52

Hotel Pulau Bidadari Resort The Nature of Island Bising dan hiruk pikuk Kota Jakarta, saat itu serta merta sirna. Dari Dermaga 17 Pantai Marina Ancol, dengan menggunakan speedboat dua mesin berkapasitas 200 PK, bersama 25 orang, kami menuju Pulau Bidadari Resort, The Nature of Island.

56 Resto Keyaki Japanese Restaurant Menawarkan aneka hidangan otentik khas Jepang. Sejak pertama dibuka, restoran ini telah menjadi pilihan pertama bagi penikmat masakan Jepang di Jakarta.

4I

I Juni 2011

58

62

Venue Wonderful Meeting at Quest Hotel

Gadget ASUS WAVI

Dalam beberapa tahun belakangan ini, geliat dan aktivitas meeting incentive convention exhibition (MICE) di Kota Semarang, Jawa Tengah, terus menunjukan pertumbuhan yang positif. Meski, belum memiliki sebuah venue yang besar, namun hal ini dapat diatasi dengan kian bertumbuhnya fasilitas meeting di beberapa hotel berbintang di kota itu.

Adalah HDMI kit pertama di dunia yang telah dilengkapi inovasi USB nirkabel dua-arah untuk streaming konten dari PC ke TV layar lebar. WAVI (Wireless Audio Video Interaction) ditawarkan dalam paket dengan sepasang perangkat yang menjembatani jarak antara ruang kerja dengan ruang keluarga.

60 Otomotif

64-76 News 78 Rehat

Toyota FJ Cruiser Trail

Terapi Awet Muda di Zhu Spa

Toyota kembali memasarkan Sport Utility Vehicle (SUV) besutannya, Toyota FJ Cruiser Trail. Mobil yang prototipenya pertama kali muncul di gelaran Australia Otomotif Expo 2010 tersebut, secara tampilan dan interior, cukup memikat penggemar fanatik Toyota Jeep.

Perawatan tubuh seperti peremajaan kulit atau anggota tubuh yang lainnya sangatlah mudah ditemukan di Kota sebesar Jakarta. Tak perlu harus mengeluarkan budget yang banyak atau mendatangkan dokter spesialis kecantikan ke rumah Anda.

82-84 Pick Up Point

EDITOR’S NOTE

Event Besar

Pemimpin Umum Siti Hartati Murdaya

Wakil Pemimpin Umum

S

ebagai sebuah grafik, Jakarta Fair Kemayoran senantiasa bergerak ke atas. Dari tahun ke tahun event terbesar dan terlama di Indonesia ini makin bertumbuh besar. Berdasarkan catatan Event Guide dalam tiga tahun terakhir ini saja jumlah pengunjung Jakarta Fair bertambah secara signifikan. Tahun 2008 tercatat 3,075 juta pengunjung; 2009 bertambah menjadi 3,29 juta pengunjung dan 2010 tercatat sekitar 3,83 juta pengunjung. Tahun 2011 ini manajemen PT Jakarta International Expo, sebagai pihak penyelenggara, mematok angka 4 juta pengunjung. Apa artinya ini? Dengan sangat gamblang terbaca bahwa event Jakarta Fair Kemayoran dengan pengunjung ribuan orang per hari menjadi ajang promosi paling efektif bagi para pengusaha. Namun lebih jauh dari sekedar kepentingan ekonomi semata, sesunguhnya Jakarta Fair Kemayoran telah menjelma menjadi booth bagi Indonesia di hadapan mata masyarakat internasional. Potensi dari segala penjuru nusantara dari hasil karya budaya, kesenian sampai tradisi luhur hadir di arena Jakarta Fair Kemayoran. Produk-produk unggulan berkualitas karya putra-putri Indonesia mengisi hampir tiap stand di arena JFK. Jakarta Fair Kemayoran kini bukan hanya milik warga Jakarta namun telah menjelma menjadi event kebanggaan Indonesia. Sebagai hallmark event kiranya layak disandingkan dengan event kelas dunia lainnya seperti Mardi Gras di New Orleands, Carnival de Rio di Brazil, Chelsea Flower Show di Inggris atau Oktoberfest-nya Munich di Jerman. Kesuksesan JFK ini tidak terlepas dari tangan dingin manajemen PT JIExpo dibawah pimpinan Siti Hartati Murdaya. Dari hal paling kecil sekalipun, misalnya sampah, sangat diperhatikan oleh pihak penyelenggara. Tidak heran apabila event yang selalu dipadati ribuan pengunjung tersebut tetap rapi dan bersih. Tak ada sampah secuil pun yang terserak di arena Jakarta Fair. Dari segi kenyamanan pengunjung, pihak penyelenggara telah mengatur alur lalu lintas sedemikian rupa sehingga ketika memasuki kawasan Kemayoran sampai masuk lapangan parkir venue JFK, para pengunjung tidak perlu bermacet-macet ria atau berputar-putar mencari tempat parkir. Kunci keberhasilan penyelenggaraan JFK dari tahun ke tahun terletak pada persiapan matang yang dilakukan oleh segenap karyawan PT JIExpo. Selain tulisan perihal event Jakarta Fair, redaksi juga menurunkan tulisan lain yang layak menjadi referensi pengembangan dunia MICE. Informasi terkini maupun wacana MICE tersaji dalam rubrik Ideas maupun Klinik Event. Sementara sharing pengetahuan dari para praktisi MICE dapat And abaca dalam rubrik interview. Tulisan hiburan yang sarat human interest dapat ANda nikmati dalam rubrik Leisure maupun dari jepretan kamera yang mengabadikan Upacara Suci Waisak. Akhirnya sidang redaksi mengucapkan selamat menikmati sajian Event Guide kali ini.

Budi Santoso

Penasihat Karuna Murdaya, Slamet Supriyadi, Ralph Scheunemann, Hari Rustjahjo, Gito Sugiarto, Chairul Ishak Mahadi, Widie Tjahjanto, Silvia Hartono, Oki Setiawan, David Kentjana, Indra Utama, Andiyani Pertiwi, Adrian Putra

Pemimpin Redaksi Hasnawi A. Zain

Redaktur Pelaksana Cahyo Adji

Staf Redaksi Teguh S., Fatkhurrohim

Fotografer Andhy Prayitno

Desain Grafis: Adit Aribirawa

Pemimpin Usaha Frans Hasiholan Siagian

Marketing & Promosi Elizabeth R. S., Yantie Setyadi

Keuangan Maurus Rahardja, Risca, Natalia, Lindawati

Sirkulasi Soekidjo, Asmawi

Wartawan majalah Event Guide dalam menjalankan tugas dilengkapi kartu identitas. Narasumber, klien iklan dan relasi bisnis diharapkan tidak melayani siapapun yang mengaku wartawan Event Guide tanpa identitas resmi. Wartawan Event Guide dalam menjalankan tugas tidak diperkenankan menerima imbalan dari narasumber

ALAMAT REDAKSI, IKLAN DAN DISTRIBUSI

—Redaksi

6I

I Juni 2011

Hall E Lt. 3, Arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Indonesia 10620. Telepon: (021) 266 45 234, 266 45 232, FAX: 266 45 274 E-MAIL: eventguideindonesia@yahoo.co.id, Mailing List: eventguidemagazine@yahoogroups.com

AGENDA EVENT

Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta

The 19th Indonesia International Motor Show (IIMS) Date: 22-31 July 2011 EO: PT Dyandra Promosindo Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta Indonesia International Motor Show (IIMS) merupakan barometer ajang industri otomotif Indonesia untuk mempertunjukkan kemampuan industri ini menjadi salah satu pilar pembangunan ekonomi kreatif, dan sekaligus ajang untuk menampilkan kemajuan yang dicapai oleh industri otomotif lokal di dunia internasional. Tahun lalu IIMS yang digelar di Arena PRJ Kemayoran, Jakarta ini menyedot perhatian sekitar 250.000 pengunjung dalam 10 (sepuluh) hari penyelenggaraannya. Pameran akbar ini mengajak pecinta otomotif untuk peduli terhadap kualitas lingkungan hidup, termasuk memperhatikan dampak dan isu lingkungan yang terkait dengan proses produksi, maupun pemanfaatan otomotif sehingga akan tercapai kehidupan yang lebih baik. Berbabagi acara juga digelar beriringan dengan pameran ini, antara lain: Indonesia International Automotive Conference, Lomba Penulisan Wartawan, Miss Motor Show, Lomba Menggambar & Mewarnai untuk Anak, Test Drive, Exhibitors Nite’, Drifting & Slalom Contest, Club Gathering Community, BMX FreeStyler Show & Contest, dan Motor Show Music Concert. Jadi jika ingin melihat pesatnya industri otomotif Indonesia dan dunia, Anda harus mencatat tanggal pelaksanaan IIMS di atas agar tidak lupa untuk menghadirinya.

8I

Jakarta Mega Wedding Festival Date: 5-8 August 2011 EO: PT Cantik Mega Sukses Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

The Energy & Mining Indonesia Series 2011 Date: 21-24 September 2011 EO: PT Pamerindo Buana Abadi Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

Malam Puncak Hut RCTI Date: 17 Agustus 2011 EO: RCTI Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

ALLPACK, IPEX, ALLPLAS INDONESIA 2011 Date: 29 September 2011-2 October 2011 EO: PT Kristamedia Pratama Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

Rockie Drift Camp Date: 27 August EO: PT Sandika Digital Media-Miceindo Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

FISH & SEAFOOD EXPO 2011 Date: 29 September 2011-2 October 2011 EO: PT Kristamedia Pratama Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

Rockie Drift Camp Date: 3 September EO: PT Sandika Digital Media-Miceindo Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

INTERFOOD INDONESIA 2011 Date: 29 September 2011-2 October 2011 EO: PT Kristamedia Pratama Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

Rechargexpo South East Asia 2011 Date: 7-9 September 2011 EO: Recharge Asia Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

Anime Festival Indonesia 2011 Date: 8-9 October 2011 EO: Megindo Tunggal Sejahtera Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

Kejurnas Motoprix-Reg II Date: 10-11 September 2011 EO: TBA Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

Yamaha One Make Race Date: 16 October 2011 EO: FR Action Event Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

Rockie Drift Camp Date: 10 September EO: PT Sandika Digital Media-Miceindo Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

The 26th Trade Expo Indonesia 2011 Date: 19-23 October 2011 EO: BPEN Indonesia (NAFED) Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

I Juni 2011

AGENDA EVENT

Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta INDO SOLAR TECH 2011 Date: 27-29 October 2011 EO: PT Peraga Nusantara Jaya Sakti Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

December Expo & Festival Date: 9-18 December 2011 EO: PT Dyan Karunia Expo (JIExpo – Dyandra) Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

Indonesia Disaster Expo & Conference 2011 Date: 27-30 October 2011 EO: PT Kerabat Dyan Utama Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

Band Orchestra Date: 21 December 2011 EO: RCTI Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

Mega Konser Date: 28 October 2011 EO: RCTI Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

Perayaan Natal Gereja Rehobot Date: 24 December 2011 EO: PT Cantik Mega Sukses Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

ALLPRINT INDONESIA 2011 Date: 2-5 November 2011 EO: PT Kristamedia Pratama Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

Rockie Drift Camp Date: 25 December 2011 EO: PT Sandika Digital Media-Miceindo Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

SOURCHING EXPO Date: 2-5 November 2011 EO: PT Kristamedia Pratama Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta Jakarta Audiopro Expo (JAPEX) 2011 Date: 10-13 November 2011 EO: PT JIExpo Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

ASEAN PGA – di Pecatu Golf, Bali Seri 4 : 23-26 Juni 2011 ASEAN PGA – di Graha Metropolitan Golf, Medan Seri 5 : 15-18 September 2011

PROPAK INDONESIA SERIES 2011 Date: 16-19 November 2011 EO: PT Pamerindo Buana Abadi Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

National Series – di TBC, Bandung Seri 6 : 13-16 Oktober 2011

Heating, Ventilation and Contioning Indonesia 2011 Date: 17-19 November 2011 EO: IIR Exhibitions Pte, Ltd Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

ASEAN PGA – di Kosaido Golf Club, Lombok Seri 7 : 27-30 November 2011

IFMAC Date: 23-25 November 2011 EO: PT Wahana Kemalaniaga makmur Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

National Series – di Gading Raya Golf – Serpong Total hadiah: US$ 365,000 – 1,000,000 EO: Rajawali Sport International

GLASSTEC ASIA 2011 Date: 23-25 November 2011 EO: Conference & Exhibition Management Service Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta Rockie Drift Camp Date: 26 November 2011 EO: PT Sandika Digital Media-Miceindo Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta MANUFACTURING INDONESIA SERIES 2011: PLASTICS & RUBBER INDONESIA 2011 & PRINTING INDONESIA 2011 Date: 30 November 2011-3 December 2011 EO: PT Pamerindo Buana Abadi Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta

10 I

EVENT GOLF

I Juni 2011

PGI Series III “The 21st Indonesia Men Amateur Open Golf Championship 2011” 20 – 24 Juni 2011

6 Shotgun-18th Anniversary of Finna Golf & Country Club Resort “100% Indonesia Finna Cup Amateur Open Golf Tournament 2011” 29 Juni 2011 - 2, 3 Juli 2011

EO & Venue: Finna Golf & Country Club Resort Jl. Raya Barsari, Prigen, Pasuruan Jawa Timur, Indonesia

AGENDA EVENT

Agenda Events Grand City Surabaya

Jatim Fair, Expo Multiproduk Terbesar di Kawasan Timur Date: 7 - 16 October 2011 EO: HWG (JIExpo) & DMT JO Location: Grand City Surabaya Setelah sukses dengan gelar pameran akbar Jatim Fair 2010, pada 8 – 17 Oktober 2010, PT Jakarta International Expo bekerja sama dengan PT Debindo Mitra Tama dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, akan kembali menggelar event serupa pada 2011 ini.Jatim Fair merupakan puncak dari rangkaian Hari Jadi Provinsi Jawa Timur. Tahun ini, Jatim Fair diselenggarakan pada 7-16 Oktober 2011 di Grand City Surabaya. Pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, event ini selalu disambut hangat oleh para pengusaha dan masyarakat kawasan timur Indonesia umumnya dan masyarakat Jawa Timur pada khususnya. Momentum ini juga menjadi tolak ukur pameran di kawasan timur Indonesia dan sebagai wujud nyata dari pemerataan pembangunan industri MICE di Tanah Air. Jatim Fair merupakan sarana untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi daerah dan sumber daya yang ada di kawasan timur kepada masyarakat umum. Tahun ini, dalam rangka Hari Jadi ke-66 Provinsi Jawa Timur, Jatim Fair mengusung tema �Semarak Belanja, Hiburan, dan Rekreasi Keluarga�. Event berskala nasional dari Jawa Timur ini digelar untuk menarik para buyers, traders, dan investors dalam usaha memperluas jaringan pasar nasional maupun global. Di samping itu Jatim Fair merupakan ajang pameran, promosi, hiburan, belanja dan rekreasi keluarga bagi semua warga. Pastinya Jatim Fair akan menjadi sarana yang paling tepat dan efektif untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk terbaru kepada masyarakat umum. Inilah momentum untuk menampilkan berbagai potensi, kinerja, prestasi yang telah diraih oleh kalangan usaha, pemerintahan,dan masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya.

12 I

I Juni 2011

AGENDA EVENT Festival Komputer Indonesia Date: 1 - 5 June 2011 EO: Dyandra Promosindo Location: Grand City Surabaya

Dji Sam Soe Urban Jazz Cross Over Date: 2 November 2011 EO: Dji Sam Soe Location: Grand City Surabaya

Manufacturing Surabaya Indonesia Date: 8 - 11 June 2011 EO: Pamerindo Buana Abadi Location: Grand City Surabaya Manufacturing Surabaya Series 2011 is an international Machine Tool, Metalworking, Welding, Manufacturing Machinery and Equipment Exhibition. Manufacturing Surabaya will display the latest product & Services of Indonesia’s growing Manufacturing Industry. This four day show is being organized by PT Pamerindo Buana Abadi in Indonesia’s Surabaya city.

Surabaya International Hardware & Auto Exhibition Date: 10-12 November 2011 EO: China Technology Investment & Trade Location: Grand City Surabaya

Jakarta Convention Center

Indo Livestock Surabaya Expo & Forum Date: 15 - 17 June 2011 EO: Napindo Ashatama Location: Grand City Surabaya

INDOWATER 2011

Surabaya Printing Expo 2011 Date: 23 - 26 June 2011 EO: Kristamedia Pratama Location: Grand City Surabaya

Kerajinan Dalam Warisan Budaya (KRIDAYA)

Surabaya Grand Fair (SGF) 2011 Date: 2 - 10 July 2011 EO: JO HWG & DMT Location: Grand City Surabaya

Jakarta International Furniture 2011

Bogasari Expo Date: 15 - 17 July 2011 EO: PT Indofood Sukses Makmur Location: Grand City Surabaya

Indonesia Fashion World 2011

Indonesian Agribusiness Date: 21-24 July 2011 EO: PT Fery Agung Corindotama Location: Grand City Surabaya Guizhou Food & Chinese Pharmaceuticals Indonesia Exhibiton Date: 8-10 September 2011 EO: China Technology Investment & Trade Location: Grand City Surabaya

Tanggal: 14 Jul 2011 - 16 Jul 2011 E.O: Napindo Media Ashatama

Tempat: Jakarta Convention Center

Tanggal: 3 Agustus - 7 Agustus 2011 E.O: Mediatama Binakreasi Tempat: Jakarta Convention Center

Tanggal : 6-14 Agustus 2011 E.O: Rumah Promosi Indonesia

Tempat: Jakarta Convention Center

Tanggal: 10 Agustus - 14 Agustus 2011 E.O: Rumah Promosi Indonesia

Tempat: Jakarta Convention Center Lebaran Fair 2011 Tanggal: 17 Agustus - 21 Agustus 2011 E.O: Debindo Multi Adhiswasti

Tempat: Jakarta Convention Center APOGCE 2011 Tanggal: 20-22 September 2011 EO: Society of Petroleum Engineers

Tempat: Jakarta Convention Centre

Industri Bahari Expo Date: 21-24 September 2001 EO: PT Fery Agung Corindotama Location: Grand City Surabaya

Gelar Batik Nusantara 2011

INAPA & IIBT Surabaya 2011 Date: 20 - 23 October 2011 EO: Global Expo Management Location: Grand City Surabaya

Indonesia Furniture Show 2011

Disney Live! Mickey’s Rockin’ Road Show Date: November 2011 EO: Big Daddy Production Location: Grand City Surabaya

Hospital Expo 2011

Surabaya Computer Expo Date: 26- 30 October 2011 EO: Dyandra Promosindo Location: Grand City Surabaya

14 I

Investor Summit and Capital Market Expo Date: 23-24 November 2011 EO: PT Bursa Efek Indonesia Location: Grand City Surabaya

I Juni 2011

Tanggal: 28 Sep 2011 - 2 Okt 2011 E.O: Mediatama Binakreasi

Tempat: Jakarta Convention Center

Tanggal: 1-9 Oktober 2011 E.O: Debindo Multi Adhiswasti, PT

Tempat: Jakarta Convention Center

Tanggal: 19-2 October 2011 EO: Okta Sejahtera Insani

Tempat: Jakarta Convention Centre Car Techno 2011 Tanggal: 7 Des 2011 - 11 Des 2011 E.O: Mediatama Binakreasi Tempat: Jakarta Convention Center

INTERVIEW

Irwan Hidayat Presiden Direktur PT SidoMuncul

Harus Percaya Produk Sendiri Nama Irwan Hidayat identik dengan industri jamu di Tanah Air. Irwan adalah salah satu icon ‘perjalanan dan reputasi’ jamu Indonesia. Di tangan pria kelahiran Yogyakarta ini, jamu terus berkilau bagaikan permata manikam. “Jamu itu sangat bagus dan berkhasiat,” ujar Presiden Direktur PT Sido Muncul ini saat diwawancarai Frans Sihol Siagian dari EventGuide, di kantornya di bilangan Cipete, Jakarta Selatan, Senin, 23/5/2011. Mengenakan kemeja lengan panjang dan celana jeans, dengan semangat, Irwan tak hanya bicara tentang jamu tapi juga mengenai pariwisata, kesehatan masyarakat, dan infrastruktur serta impiannya tentang Indonesia 20 tahun mendatang. “Ini akan menjadi bola salju yang terus menggelinding,” imbuh suami Shinta Hidayat, dan ayah dari Maria Reviani Hidayat, Mario Arnaz Hidayat, dan Marco Jonathan. Berikut petikan wawancaranya: Apa target Anda dalam keikutsertaan PT SidoMuncul sebagai salah satu sponsor Panggung Utama Jakarta Fair 2011 ini? Tahun lalu kan kita masuk dalam persaingan perdagangan bebas ASEAN-China. Hal itu yang membuat saya sebagai pengusaha dengan brand-brand Indonesia untuk siap-siap. Kalau tidak, brand atau produk Indonesia bisa kalah. Kita harus persiapkan kualitas produk kita. Di samping itu, kami juga mempersiapkan sisi promosinya. Jakarta Fair ini kan pameran terbesar, terlama, terbanyak dikunjungi orang, konsisten terus menerus selama 44 tahun. Ini legendaris. Ini simbol, kalau produk bisa pameran di Jakarta Fair berarti produk tersebut bagus dan menasional, bahkan targetnya menjadi produk internasional. Kita juga kan lagi bersaing ketat dengan adanya globalisasi. Kalau produk tidak baik, tidak bisa ikut Jakarta Fair, sangat disayangkan. Ini kesempatan bagi pengusaha membuktikan diri sebagai brand yang baik. Bukan saja membangun awareness, tetapi juga citra, image, kepercayaan. Ini bukan yang pertama kali Sido Muncul ikut pameran di Jakarta Fair. Bagaimana evaluasi Anda? Makin lama hasil penjualan semakin baik, kepopuleran dan kepercayaan semakin meningkat. Dari sisi

16 I

I Juni 2011

penyelenggaraann, cukup profesional, dan makin lama makin baik. Dan, kehadiran kami sebagai salah satu sponsor di panggung utama, adalah untuk membangun citra. Kalau enggak bagus, mana berani. Sebenarnya tujuan mensponsori itu adalah membangun image. Biaya dan hasilnya mungkin tidak seimbang. Namun, untuk membangun image tidak bisa diukur dengan uang.

Citra apa yang ingin dibangun? Saya yakin, jamu Sebagai perusahaan yang terpercaya, produknya itu sangat babaik, ramah lingkungan, produk iklannya baik. Iklan-iklan yang kami tayangkan seperti Kuku Bima gus dan sangat dan Tolak Angin membuat iklan tentang layanan berkhasiat. Jamu masyarakat untuk operasi katarak. Tujuannya untuk ini bisa menjadi menunjukkan bahwa penderita katarak di Indonependamping, supsia banyak sekali. Hasil iklan yang kami tayangkan adalah bertambahnya penyumbang menjadi lebih porting bagi pendari 5000 orang. Pengusaha-pengusaha juga ikut gobatan farmaberpartisipasi. Mudah-mudahan hasil iklan yang tologis kami buat ini nanti mampu membantu orang yang kurang mampu. Karena untuk operasi katarak perlu dana Rp2 juta-Rp3 juta per orang. Iklan kedua tentang pariwisata, kami dedikasikan untuk pariwisata Indonesia. Bahkan Kami akan launching iklan Labuan Bajo II yang kami beri nama Komodo City; kedua Maluku, dan ketiga Samosir. Iklan ini untuk menggerakkan orang Indonesia untuk berpariwisata di negeri sendiri dan melihat keindahan Bumi Pertiwi ini . Targetnya itu. Kan banyak orang Indonesia tidak bisa bepergian. Maka lewat iklan ini kami ingin menunjukkan kepada orangorang di desa-desa bahwa Indonesia itu indah. Komodo City itu indah, Maluku itu indah, Samosir itu bagusnya luar biasa. Jadi, membuat orang Indonesia yang tidak bisa melihat langsung bisa menyaksikan melalui iklan sehingga punya rasa bangga memiliki Indonesia. Rasa bangga itu penting karena yang membuat kita maju adalah karena kita bangga akan apa yang kita miliki. Apa yang Anda cita-citakan dengan membuat iklan-iklan yang mempro-

mosikan keindahan Indonesia, produk dalam negeri, dan kepedulian pada masyarakat kurang mampu? Pemerintahan kita dalam masa transisi. Kalau saya lihat, ada hal-hal yang sudah maju secara signifikan, mulai ada penegakan hukum meski coreng-moreng. Tetapi ada yang belum ada kemajuan. Saya melihat pemerintah membutuhkan partisipasi masyarakat, termasuk pengusaha. Ini yang saya lakukan. Kenapa? Karena tidak ada pemerintah yang bisa berhasil tanpa partisipasi semua orang. Kenapa saya masuk ke katarak, misalnya, karena katarak tidak tersentuh oleh pemerintah karena dana pemerintah belum mencukupi. Begitu juga dengan pariwisata. Saya percaya Indonesia harus hidup dari usaha yang sustainable. Kalau yang dijual keindahan, maka makin lama makin indah. Nanti semua orang bisa hidup dari pariwisata. Orang asing datang ke sini untuk melihat negeri yang eloknya luar biasa. Sesungguhnya apa yang Anda impikan untuk keindonesiaan ke depan? Masyarakat Indonesia yang bisa hidup layak, berkecukupan, sejahtera. Negara ini punya semua syarat menjadi suatu negara yang sejahtera. Saat ini kita sedang transisi tapi saya percaya kalau pemerintah dibantu

INTERVIEW Karena saya yakin, jamu itu sangat bagus dan sangat berkhasiat. Jamu ini bisa menjadi pendamping, supporting bagi pengobatan farmatologis. Kalau jamu dikembangkan dengan baik dan ada komitmen pemerintah seperti pemerintah China dan India, masyarakat Indonesia bisa lebih sehat. Supaya semua orang senang dengan jamu yang sehat, kita harus membuatnya dengan pabrik yang modern. Minimal pakai referensi, uji laboratorium ilmiah. Itu yang membuat orang percaya pada jamu. Misalnya, Tolak Angin diminum di mana-mana. Semua Asian Store di seluruh dunia menjual Tolak Angin. Supaya orang-orang minum jamu, harus dibuat dengan teknologi modern.

Wapres Boediono didampingin Irwan Hidayat berbincang dengan pasien operasi katarak di RS Mata Aini, Jakarta

pengusaha, masyarakat atau semua ikut berpartisipasi, kita akan menuju negara maju, hebat, damai, toleran, Pancasila, tidak memaksakan kehendak, menjadi negara yang punya jatidiri. Kita punya kebudayaan kita sendiri, bukan kebudayaan asing. Harus yang Indonesia, mulai dari makanan, tari-tarian, seni pahat, seni lukis, pakaian, dan lain-lain. Orang asing ingin ke sini karena kita punya kekayaan yang luar biasa. Anda melihat potensi kita cukup besar? Ya dong, pasti. Bayangkan saja, negara yang luasnya sama dengan China, lautnya luas enggak usah ditanami apa-apa juga menghasilkan, populasinya cuma seperlima China, musimnya cuma dua musim. Kalau China bisa maju kayak gitu, kenapa kita tidak bisa. Apa kelemahan utama kita? Infrastruktur. Kalau infrastrukturnya bagus, semua jadi maju, hebat. Kalau infratrukturnya enggak maju maka semua tidak bisa hebat. Jadi, usul saya sederhana, perbaiki infrastruktur. Kita bisa maju kalau infrastrukturnya dibenahi. Sekarang ini dari SemarangJogjakarta 4 jam, bagaimana mau maju. Ini bukan soal dana tapi eksekusi. Di tangan Anda, jamu menjadi suatu yang sangat bernilai tinggi dan mulai diakui semua kalangan. Apa komentar Anda?

18 I

I Juni 2011

Bisa diceritakan bagaimana proses penelitian dan pengembangan industri jamu Anda? Jamu itu kan serbuk. Serbuk kan rasanya enggak enak. Maka tahun 1994 saya buat jadi cair, rasanya jadi enak karena teknologi memungkinkan. Kami lakukan uji khasiat dan toksositas supaya tidak merusak organ tubuh seperti ginjal, lever, lambung dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Setelah uji khasiat dan toksositas itu adalah standarisasi. Kami membuat sebuah proses, kami masukkan ke badan POM dan mempresentasikan apa yang kami lakukan. Tapi itu juga belum cukup. Kami masih ditanya, apakah pabrik kami ramah lingkungan atau tidak, dan lain-lain. Kami juga melakukan penelitian dengan kerja sama dengan lembaga penelitian Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Santa Dharma, mendengar masukan dari farmakolog. Saya yakin, masyarakat makin lama makin percaya karena kami tiap hari mempublikasikan apa yang kami lakukan. Anda selalu mengatakan bahwa semoga jamu ini semakin bermanfaat bagi banyak orang ‌. Berguna bagi diri sendiri itu pastinya, tapi berguna bagi banyak orang lain itu kan yang jauh lebih baik. Kalau orang, perusahaan, atau apa saja semakin berguna bagi banyak orang, akan lebih panjang umur atau langgeng. Berguna bagi diri sendiri memang tidak salah, itu baik, tapi berguna bagi orang lain, itu jauh lebih baik lagi. Sejauh mana Anda melihat perhatian pemerintah dalam mengembangkan industri dalam negeri? Pemerintah makin sadar dan memberikan perhatian dengan penegakan hukum. Pemerintah semakin sadar bahwa ada celah-celah yang bisa dibuat tanpa harus melanggar peraturan. Kemudian, di kalangan kedokteran juga mulai muncul kesadaran mengapa harus semua datang dari dunia Barat. Bahkan di UI akan ada S2 medical herbal, ITB kelihatan sudah mulai ada ketertarikan dan datang ke pabrik kami. Kelihatannya kebangkitan akan kepedulian pada kekayaan dalam negeri mulai tumbuh. Ini akan menjadi bola salju, Indonesia akan membuat lompatan. Semua harus dimulai dari mempercayai diri sendiri terutama dari kalangan pemerintah, usaha, dan kalangan menengah, akademisi. Harus percaya dan bangga produk sendiri.

COVER STORY

Event Besar

Peluang Besar

Jakarta Fair Kemayoran 2011 menargetkan 4 juta pengunjung. Dengan rentang waktu penyelenggaraan selama 32 hari, JFK menjadi event terlama dan terbesar di Indonesia.

T

ren peningkatan jumlah pengunjung ini terus menanjak dari tahun ke tahun. Pada 2008 tercatat 3,075 juta pengunjung, 2009 naik menjadi 3,29 juta dan 2010 naik lagi menjadi 3,83 juta pengunjung. Prestasi JFK tidak lepas dari tangan dingin manajemen PT JIExpo sebagai pihak penyelenggara event. Jakarta Fair Kemayoran 2011 akan diselenggarakan mulai 9 Juni sampai 10 Juli 2011. Event akbar yang telah berusia 44 tahun ini digelar bersamaan dengan hari ulang tahun Kota Jakarta yang tahun ini genap berusia 484 tahun. Meski tergolong sebagai event tahunan namun persiapan Jakarta Fair 2011 telah dilakukan jauh hari demi memberikan kenyamanan bagi para pengunjung maupun kepuasan para peserta Jakarta Fair Kemayoran. Mulai dari manajemen lalu lintas di sekitar kawasan Kemayoran sehingga meminimalisir kemacetan, pengaturan zona parkir yang lebih rapi dan teratur sampai kelengkapan fasilitas bagi para pengunjung di arena Jakarta Fair.

Promosi Salah satu ciri khas Jakarta Fair Kemayoran adalah partisipasi peserta pameran yang jumlahnya ribuan dari berbagai perusahaan dengan aneka ragam produknya. Para pengunjung diberi banyak pilihan mengunjungi stand-stand yang memajang produk terbaru serta merek ternama. Dan menariknya lagi tiap

20 I

I Juni 2011

stand selalu menyediakan hadiah atau diskon besar bagi para pengunjung. Ini menjadi kesempatan menarik berburu produk berkualitas plus diskon besar. Bila Anda mengunjungi Jakarta Fair sebaiknya perjalanan di mulai dari Gedung Pusat Niaga, Hall A, Hall B, Hall C, Hall D, Hall E, Open Space lalu berjalan menuju Gambir Expo. Dengan total area pameran sekitar 100.000 meter persegi, ribuan produk berkualitas tersedia di setiap stand yang didisain unik dan menarik. Hall A biasanya didominasi produk-produk furniture, keramik, karpet, sepeda, perabotan rumah tangga modern, garmen, maupun aksesoris. Hall B dan C menggelar produk dan informasi dari pemerintah daerah seluruh Indonesia. Hall D akan ditempati produk-produk elektronik, telekomunikasi, komputer, kosmetika, peralatan olahraga, serta aksesoris rumah. Di area open space para pengunjung dapat menikmati gelaran produk-produk otomotif dari seluruh pabrikan terkemuka seperti Honda, Suzuki, Yamaha, TVS Motor, Pulsar, Kymco, Kawasaki, Bajaj, dan Mitsubishi. Standstand berukuran besar dari perusahaan-perusahaan terkemuka lazimnya juga berdiri megah di area open space, misalnya stand Indofood, Orang Tua Group, Wings, Gudang Garam, Djarum, Sampoerna, atau Marlboro.

Hiburan Jakarta Fair Kemayoran selain menyediakan beragam produk berkualitas juga memberikan hiburan bagi para pengunjung dengan menghadirkan penya-

dikenal dengan branding produk berkualitas tinggi.

Sarana

nyi atau band papan atas selama 32 hari tanpa henti. Bersiap-siaplah untuk bertemu band idola Anda di arena Jakarta Fair Kemayoran. Bagi keluarga muda yang masih memiliki putraputri kecil jangan khawatir sebab arena Jakarta Fair menyediakan wahana hiburan keluarga di Gambir Expo. Aneka macam permainan tersedia mulai dari kereta luncur, komedi putar, bom-bom car, bola gila dan seterusnya. Di Gambir Expo juga tersedia beragam sajian kuliner nusantara yang mengundang selera. Namun begitu selain wahana hiburan keluarga dan wisata kuliner nusantara, Gambir Expo juga

Dengan rentang waktu penyelenggaraan selama 32 hari plus ribuan pengunjung tiap harinya, pihak penyelenggara Jakarta Fair menyediakan fasilitas pendukung untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Mulai dari fasilitas Anjungan Tunai Mandiri, Klinik Kesehatan, Pos Keamanan, toilet, bahkan tempat sampah yang banyak tersebar di arena Jakarta Fair. Untuk fasilitas transportasi, pihak manajemen Jakarta Fair bekerja sama dengan Pemda DKI Jakarta menyediakan busway gratis bagi para pengunjung Jakarta Fair. Rute busway berangkat dari Lapangan Monas, Gambir, Istiqal, Juanda lalu melintasi Jl Garuda, Jl Benyamin Sueb dan berakhir di Halte Gambir Expo. Namun bila Anda membawa kendaraan pribadi, banyak akses menuju arena Jakarta Fair. Dari Jl Gunung Sahari hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit sementara bila Anda memilih akses tol Ancol hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk sampai ke lokasi Jakarta Fair. Begitu memasuki arena Jakarta Fair, silahkan pilih tempat parkir yang paling nyaman. Selamat menikmati Jakarta Fair 2011. Cahyo Adjie

Bagi keluarga muda yang masih memiliki putra-putri kecil jangan khawatir sebab arena Jakarta Fair menyediakan wahana hiburan keluarga di Gambir Expo

Juni 2011 I

I 21

COVER STORY

Open Space, Surga Niaga Pecinta Otomotif

22 I

Namanya juga Jakarta Fair Kemayoran (JFK). Mustahil jika tak ada yang spektakuler. Sebagai hall mark event terbesar dan terlama se-Asia Tenggara, sudah barang tentu Jakarta Fair mengusung beragam tema, mulai dari seni dan budaya, khazanah kuliner, hiburan bagi masyarakat urban, hingga pesta niaga dengan seabrek diskon dari produk-produk branded.

Beragam brand otomotif seperti Honda, Suzuki, Mitsubishi, KIA, Toyota, Piagio, Kawasaki, Minerva, TVS, dan lainnya, bersaing secara sportif dengan strategi marketing yang berbeda. Alih punya alih, pengunjunglah yang kembali diuntungkan dengan adanya persaingan strategi promosi ini. Kebutuhan untuk memiliki jenis mobil maupun sepeda motor pun sangat beragam. Mulai dari mobil jenis sedan, niaga, maupun motor sport, matic hingga trail, pun tersedia. Konsumen semakin dimudahkan, dengan adanya beragam pilihan cara pembayaran. Dari mulai kredit hingga tunai. Bahkan, tak hanya itu. Di Jakarta Fair, hanya dengan modal di bawah Rp10 juta, pengunjung sudah bisa order untuk membawa mobil nongkrong di garasi rumahnya. Lebih fantastik lagi, hanya dengan Rp1juta, pengunjung sudah bisa membawa pulang sepeda motor yang diinginkan.

Selama 32 hari, Jakarta Fair selalu menyuguhkan hiburan dan pesta niaga bagi semua kalangan. Tanpa pandang bulu strata ekonomi. Sebab, di Jakarta Fair semua hal kebutuhan telah diatur dan dipetakan secara profesional. Dan, yang pasti para pengunjung akan dibuat terpesona oleh kedahsyatan program niaga dan hiburan yang disuguhkan. Tengok misalnya, di lokasi Open Space, lapangan terbuka yang berada di tengah dan sekeliling hall-hall pameran, yang telah disulap menjadi both-both nan megah dan mewah. Beragam kebutuhan niaga terpusat di sini, yang didominasi pabrikan-pabrikan multinasional. Pabrikan otomotif dan aksesorinya, produsen makanan dan minuman, serta beragam jenis kebutuhan niaga lainnya bisa ditemukan di Open Space. Dominasi utamanya adalah tajuk otomotif, yang membuat terpana para pengunjung. Obral diskon harga, paket promosi, hingga berbagai bonus dan games menarik, disiapkan untuk setiap pengunjung yang berkomitmen ingin membawa pulang sebuah mobil atau sepeda motor lintas genre.

Sparepart Hingga Savety Riding

I Juni 2011

Di Open Space juga, pengunjung bisa melengkapi kebutuhan aksesoris otomotif dengan beragam pilihan. Beberapa tahun belakangan ini, setiap both otomotif selalu dilengkapi pula dengan barang-barang sparepart. Jadi, para pengunjung yang ingin membeli sparepart dengan jaminan orisinalitas, ya di sini tempatnya. Harga, dijamin lebih murah dari harga dealer. Kalaupun harganya sama, pembeli sparepart di JFK pasti diuntungkan dengan hal lain, seperti bonus aksesoris atau kupon undian berhadiah. Itu baru sparepart kendaraan. Kelengkapan savety riding atau cara berkendara yang aman juga terlokasi di Open Space. Sebut saja pelindung kepala atau helm. Beragam brand, kualitas, model design, serta harga yang kompetetif dapat menjadi pilihan yang dapat disesuaikan dengan kantong pengunjung. Sekedar info, di area Open Space ada helm-helm brand berstandar internasional seperti Kyt. Brand lokal yang mulai diakui kualitas internasional juga ada. Sebut saja NHK, GM, DMS, Caberg, serta beberapa brand lain. Selain helm, yang patut untuk di intip dan diketahui infonya adalah ban kendaraan. Sekali lagi, Open Space Jakarta Fair memang layak disebut sebagai surga belanja pecinta otomotif. Di selasar Open Space ini pula, both IRC atau Gajah Tunggal berdiri dengan megah. Di both ini, pengunjung dapat memenuhi segala kebutuhan ban kendaraan bermotor, mulai dari roda dua hingga roda empat, dari jenis kendaraan

sedan, niaga hingga sport. Dari yang tubles, hingga yang manual. Soal ban, tentu tidak hanya IRC dan Gajah Tunggal. Di Open Space juga ada beberapa brand lain, dengan kebutuhan yang sama. Brand seperti Michelin dan Pirelli pun bisa ditemukan di sana. Demikian juga beberapa brand lain seperti Achilless, Swalow, Dunlop, Mizle, atau Corsa. Dan tentu saja, setiap pembelian ban selalu ada yang namanya special price. Setidaknya membeli ban akan mendapat souvenir menarik. Harganya pun jauh lebih murah dibandingkan di luar Jakarta Fair.

Full Entertaint dan Games Namanya juga ajang promosi prestisius. Pasti selalu ada cara yang menarik dan unik untuk mendatangkan pengunjung ke both atau standnya. Dan ini, bukan menjadi rahasia lagi di Jakarta Fair. Masing-masing brand yang ada di area Open Space selalu menyuguhkan hiburan yang menarik. Bahkan, beberapa brand otomotif juga mendatangkan grup musik serta artis papan atas, untuk menyemarakkan both mereka. Brand ambasador pun dihadirkan guna meraih simpati dan daya tarik both mereka. Special day, atau special event seperti nonton bareng MotoGP, atau Formula One dengan menggunakan layar lebar pun tak luput dari strategi marketing masing-masing both. Selain itu, ada both peserta otomotif yang menghadirkan motor replika peserta Gand Prix. Dan, hal-hal semacam ini selalu dijadikan moment bagi para pengunjung untuk narsis di depan kamera, yang telah mereka bawa dari rumah.

Hal yang tak kalah menarik Di Open Space juga, pengunjung bisa medan selalu dinanti setiap penlengkapi kebutuhan gunjung Jakarta Fair adalah aksesoris otomotif degames atau permainan. Sengan beragam pilihan lalu menarik, pasalnya peserta games tak dipungut biaya. Mereka pun berhak membawa pulang hadiah menarik dari games tersebut. Semakin besar brand yang menyelenggatrakan games, tentu hadiahnya pun semakin menarik. Dan, games ini selalu menjadi bunga-bunga peserta pameran untuk menarik minat pengunjung ke bothnya. Akhirnya, hanya satu pesan yang musti di perhatikan. Siapkan kantong peti cash Anda sebanyak mungkin, berbelanjalah dengan bijak, manfaatkan setiap strategi promosi yang ditawarkan masingmasing tenant, dan jangan lupa memakai asas kebutuhan saat berbelanja. Sebab, Jakarta Fair banyak menjawab kebutuhan Anda, dengan pesona hiburan, dan diskon selama 32 hari, yang bisa membuat Anda terlena dalam berbelanja. Fatkhurrohim

Juni 2011 I

I 23

COVER STORY

Ayo Jadi Miss Jakarta Fair 2011 PT Jakarta International Expo (JIExpo) sebagai penyelenggara Jakarta Fair pada tahun ini kembali mengelar ajang pemilihan Miss Jakarta Fair. Event ini sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun yang tidak pernah dilewatkan saat Jakarta Fair digelar.

P

emilihan Miss Jakarta Fair tahun ini merupakan pelaksanaan untuk keenam kalinya, sejak pertama kali dihelat pada Jakarta Fair 2006. Pesertanya adalah sales promotion girls (SPG) dari perusahaan peserta Jakarta fair. Tahun ini, jumlah peserta Jakarta Fair mencapai sekitar 2.750 exhibitor dengan jumlah SPG tentunya mencapai ribuan orang. Mereka berhak untuk mengikuti kontes pemilihan Miss Jakarta Fair 2011. Melalui ajang Miss Jakarta Fair ini, panitia ingin menyampaikan pesan bahwa “sales promotion girls adalah wanita yang tidak hanya cantik, tetapi juga

24 I

I Juni 2011

tangguh, giat, mempunyai sales marketing skills yang tinggi demi mencapai target penjualan exhibitor di tempat mereka bekerja�. Layaknya pemilihan Miss Indonesia ataupun Putri Indonesia, aspek 3B (beauty, brain, behaviour) dari para peserta juga menjadi penilaian utama oleh tim juri. Untuk aspek beauty, misalnya, para peserta dituntut untuk menampilkan kesesuaian busana dengan langkah mereka di atas catwalk. Gerakan sporty dalam busana olahraga, tampilan casual dalam busana batik khas Indonesia, serta gaya anggun dari gaun malam, menjadi salah satu penilaian juri untuk aspek ini. Tak ketinggalan, sebuah sesi Tanya jawab dari para

Layaknya pemilihan Miss Indonesia ataupun Putri Indonesia, aspek 3B (beauty, brain, behaviour) dari para peserta juga menjadi penilaian utama oleh tim juri dewan juri juga digelar untuk menguji aspek brain dari para peserta. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Miss Jakarta Fair 2011 ini menawarkan warna lain, dengan menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan, yakni Star Media Nusantara dan Lion Air. Dengan kerja sama ini, nanti peserta Miss Jakarta Fair akan diseleksi dan diberi pelatihan untuk menguji bakat di bidang entertainment dan industri penerbangan. Star Media dan Lion Air juga memberi peluang bagi peserta Miss Jakarta Fair untuk berkarir di dunia hiburan dan industri penerbangan. Miss Jakarta Fair 2011 tidak hanya memberikan

hadiah menarik kepada kontestan, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi peserta untuk meniti karir selanjutnya, baik di bidang sales, entertainment, maupun bisnis. Sedangkan exhibitor yang mengirimkan SPGnya ke ajang pemilihan Miss Jakarta Fair juga akan mendapatkan benefit dan peluang untuk menjadikan SPG tersebut sebagai duta product atau representative mereka. Teguh S. Gembur

Kontestan Miss Jakarta Fair 2010

Juni 2011 I

I 25

AREA JAKARTA FAIR

COVER STORY

Konser Musik Sebulan Nonstop

Konser musik masih menjadi acara yang menarik dan jitu untuk menyedot pengunjung. Dan, Jakarta Fair Kemayoran yang dihelat dalam rangka merayakan hari ulang tahun ke-484 Kota Jakarta kali ini juga tetap tampil dengan agenda rutinnya, yakni konser musik dengan menampilkan sejumlah penyanyi dan grup band papan atas Tanah Air. 30 I

I Juni 2011

T

ak kurang dari 50 band terpopuler, 39 band indie, serta puluhan penyanyi paling ngetop saat ini akan menghibur ribuan pengunjung dan mengguncang Arena PRJ selama sebulan penuh. Musik adalah sarana ampuh untuk menarik minat publik agar acara bertambah meriah. Tak heran pula, jika salah satu daya tarik terbesar Jakarta Fair Kemayoran yang menyedot perhatian masyarakat adalah pergelaran musik. Masyarakat sudah hafal betul, pertunjukan musik massal selalu digelar di Kemayoran setiap tahun. Tak terkecuali pada event Jakarta Fair Kemayoran 2011. Pada pelaksanaan Jakarta FairKemayoran yang ke-44 ini, PT Jakarta International Expo (JIExpo) dengan brand sepatu League, Esia, Flexi,

Nexian, Sido Muncul, Telkomsel, dan Djarum bekerja sama menyelenggarakan pergelaran musik di event akbar ini. Selama 32 hari penuh, mulai 11 Juni hingga 12 Juli, para musisi dan vokalis akan tampil setiap malam mulai pukul 19.30 hingga 22.00 WIB. Khusus untuk Jumat, Sabtu dan Minggu, pentas akan digelar hingga pukul 23.00. Menariknya, bagi para penggemar group band idolanya, ada kesempatan untuk berbincang-bincang dalam sesi Meet&Greet sebelum tampil di panggung. Pentas musik akbar ini juga akan didukung tata-suara berkekuatan lebih dari 80 ribu watt dan tata-cahaya hingga 250 ribu watt. Beberapa kalangan masih ada yang berpendapat bahwa lokasi Kemayoran terasa agak jauh bagi para pencinta musik di Ibukota. Namun, PT JIExpo sebagai penyelenggara Jakarta Fair menampik pandangan demikian. Perusahaan terkemuka yang sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan Jakarta Fair ini membeberkan sejumlah alasan. Dari tahun ke tahun, Beberapa kaJakarta Fair tetap diminati pengunjung. Buktinya, langan masih jumlah pengunjung selalu bertambah signifikan seada yang bertiap tahun. pendapat bahDan itu juga bisa dilihat secara kasat mata pada wa lokasi Kesetiap penyelenggaraan pentas musik di Jakarta Fair mayoran terasa Kemayoran. Pengunjung selalu berjubel di depan agak jauh bagi panggung saat pentas musik dimulai. Pementasan band-band besar seperti God Bless, para pencinta Slank, Superman is Dead, serta band-band idola musik di Ibukawula muda semacam Ungu, ST12, dan sebagaimkota nya, di Jakarta Fair, misalnya, selalu menjadi magnet kuat bagi ribuan penonton. Sementara, bagi sejumlah band indie, panggung utama Jakarta Fair boleh jadi bukan sekadar ajang untuk menghibur penggemar, tapi juga merupakan ajang yang amat efektif untuk mempromosikan diri dan menjaga loyalitas pada penggemarnya. Teguh S. Gembur

Juni 2011 I

I 31

COVER STORY

Dari Genre Pop, Rock, Jazz, Reggae hingga Dangdut

T

ak salah, bila even Jakarta Fair Kemayoran (JFK) dibilang sebagai arena konser musik terpanjang di Indonesia. Demikian juga perhelatan Jakarta Fair 2011 kali ini. Karena, selama 32 hari nonstop, sepanjang Jakarta Fair dihelat, seluruh panggung di area pameran di eks Bandara Kemayoran, Jakarta Pusat, itu menyajikan dentuman suara musik tak berkesudahan. Di Panggung Utama dan Panggung Gambir Expo, misalnya, setiap malam, mulai pukul 19.30 WIB hingga 22.00 ( khusus untuk Jumat, Sabtu dan Minggu, hingga pukul 23.00), bertebaran artis-artis terkenal. Mereka tampil dengan berbagai jenis musik, mulai dari Pop, Rock, Dangdut hingga Reggae. Demikian juga panggungpangung yang berada di beberapa stand peserta Jakarta Fair. Meski dalam kemasan yang lebih kecil, hingar bingar alunan musik dan lagu dari tempat ini, kerap kali tak kalah memekakkan telinga.

Beberapa grup band papan atas dari aliran Rock antara lain ada Slank, Iwan Fals, ST 12, d’Masive, Padi, The Cangcuters, Pee Wee Gaskin, Black Out, Shaggydog, Superman is Dead, Kotak, Endank Soekamti, Naiff dan band rock jadul, God Bless. Dari aliran pop akan tampil di antaranya Vierra, SO7, Afgan serta Ada Band. Sedangkan di aliran Reggae, ada Ras Muhammad dan di genre Jazz diwakili oleh Sandy Sondhoro. Mereka menilai, konser di Jakarta Fair Kemayoran kian mengukuhkan eksistensinya sebagai band papan atas. Selain itu, di panggung belakang, tepatnya di Gambir Expo, akan tampil sederet musisi papan atas lainnya. Di antara musisi rap Iwa K, d’Cinnamon, dan Ten 2 Five. Dari genre dangdut, Rudista , Kembang Goyang dan Briptu Norman dipastikan turut menghibur pengunjung yang berada di sekitar Taman Pelangi. Di panggung ini juga akan tampil pula band lawas Koes Plus, serta sejumlah musisi lain. Untuk info lebih lengkap, lihat di jadwal panggung. Teguh S. Gembur

INFOCUS

34 I

I Juni 2011

Trisuci Waisak di Borobudur Teks oleh Andhy Prayitno Foto-Foto oleh Arkurinus Yupiter

P

uncak peringatan Trisuci Waisak 2555 BE / 2011 digelar secara penuh khidmat oleh umat Buddha di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada 17 Mei 2011. Ribuan umat Buddha dari dalam dan luar negeri ikut ambil bagian dalam peringatan suci yang diselenggarakan oleh Perwakilan Umat Buddha Seluruh Indonesia (Walubi) itu. Secara umum, prosesi dimulai sejak Sabtu (14/5) yang diawali dengan prosesi pengambilan air suci di Umbul Jumprit, Temanggung. Dilanjutkan dengan pengambilan api abadi atau api Dharma dari sumber api alami Mrapen, Grobogan. Air suci dan api Dharma kemudian disemayamkan di Candi Mendut, pada Minggu (15/5). Kemudian bersama-sama dengan para bhikkhu, bhiksu dan bhiksuni, umat mengadakan puja bakti di hadapan altar-altar di pelataran Candi Mendut. Keesokan harinya, saat hari Waisak, air berkah dan api Dharma tersebut dibawa ke Candi Borobudur yang berjarak sekitar 3 km, dengan sebuah prosesi berjalan kaki yang diikuti ribuan

umat. Di candi terbesar dan termegah di dunia itulah detikdetik Waisak diperingati dengan puja-puji, di setiap altar yang dibangun untuk masing-masing Majelis Buddha. Tepat pukul 18.08.23 yang merupakan detik Waisak 2555 BE, seluruh umat berdiam diri untuk bermeditasi. Prosesi suci Waisak dilanjutkan dengan pradaksina, yakni mengelilingi Candi Borobudur sebanyak 3 kali, sambil memanjatkan puja-puji dan doa. Sebagai prosesi penutup, diadakan pelepasan lentera atau lampion sebanyak 1.000 buah. Tradisi melepaskan lampion ini adalah termasuk tradisi baru dalam rangkaian Waisak di Borobudur yang juga telah dilakukan tahun lalu. Dan, prosesi Waisak pun berakhir. Tetapi bagi umat Buddha, prosesi Waisak yang sebenarnya tidak akan pernah berakhir dalam hati mereka. Karena, umat tetap terus mewarisi nilai-nilai ajaran dan dharma Sang Buddha Gautama. Semoga berkah Vesak bersama kita semua. Sadhu! Sadhu! Sadhu!

Juni 2011 I

I 35

INFOCUS

36 I

I Juni 2011

Prosesi suci beriringan dari candi Mendut menuju Candi Borobudur, diikuti ribuan umat dan tokoh-tokoh Buddha (foto kanan). Setiba di candi Borobudur, umat dengan dipimpin para Bhikhu & Bhikhuni melaksanakan Pradaksina, yakni berjalan mengelilingi candi, serta berdo’a dan memanjatkan puja-puji.

Juni 2011 I

I 37

INFOCUS

Prosesi ritual ditutup dengan melepas lampion ke udara

38 I

I Juni 2011

IDEAS

Indonesia Menjadikan MICE sebagai Primadona (?) Heri Setyawan

FOTO: GARYTAMIN

Direktur MICE CENTER Staf Pengajar/Lektor Kepala pada Program Studi MICE Politeknik Negeri Jakarta

Pada tanggal 27 Desember 2010 telah dilaunching oleh Menbudpar branding pariwisata Indonesia adalah Wonderful Indonesia dan tema visit Indonesia year 2011 yakni Eco, Culture and MICE. Jadi tema tentang MICE kembali muncul tahun 2011 setelah tahun lalu MICE digabung dengan Marine. Tampaknya Indonesia sedang jatuh cinta dengan tema MICE. Namun, seharusnya tidak asal jatuh cinta, tetapi juga semua sektor sepenuh hati mendukung tema tersebut. Seriuskah Indonesia?

40 I

I Juni 2011

Banyak permasalahan yang menjadi kerikil (atau bahkan batu besar?) untuk benar-benar menjadikan MICE sebagai primadona di Indonesia. Komitmen semua pihak, infrastruktur dan SDM harus dibenahi. Ada foto yang menarik pada harian Kompas (2/12/2010), yaitu tiga orang penting Inggris, Perdana Menteri David Cameron, Pangeran William, dan David Beckham yang secara khusus hadir di Zurich, Swiss pada Selasa (30/11/2010) untuk melobi agar Inggris menjadi tuan rumah event Piala Dunia 2018. Ini adalah komitmen yang tidak main-main. Begitu juga Perdana Menteri Portugal Jose Socrates dan Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero datang mengajak Iker Casillas (penjaga gawang dan kapten nasional Spanyol). Rusia dengan Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin. Delegasi gabungan Belanda-Belgia, dipimpin Perdana Menteri masing-masing dengan mengajak Rudd Gullit dan Johan Cruy. Mantan Presiden AS Bill Clinton memimpin delegasi Untuk bidding Piala Dunia 2022 bersama aktor Morgan Freeman. Korsel juga langsung dipimpin oleh Per-

Jangan Takut ditiru Ketika Dynand Fariz (President of Jember Fashion Carnaval) kami undang untuk membicarakan masalah SDM event, khususnya special event ke depan di MICE CEN-

FOTO: ZEAFONSO

dana Menteri Kim Hwang-shik. Walaupun akhirnya Qatar yang menjadi tuan rumah. Ternyata untuk memenangkan sebuah Negara menjadi host (tuan rumah) suatu mega-event, semua all-out dari pimpinan tertinggi Negara sampai dengan para selebritas turun langsung untuk melakukan lobi. Betapa melelahkan dan kompleksnya tahapan dalam proses bidding. Piala Dunia mempunyai 19 tahapan dalam proses bidding. Mengutip Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik UGM Tony Prasetiantono, Indonesia bisa mencontoh China (Media Indonesia, 9/12/2010). Memacu pembangunan infrastruktur dapat melalui penyelengaaraan event-event besar. Bisa disebutkan event besar tingkat dunia yang secara berturut-turut diselenggarakan di China, Olimpiade Beijing 2008, World Expo 2010 di Shanghai, dan belum lama diselenggarakan Asian Games 2010 di Guang-zhou. Sangat logis jika suatu Negara/daerah/kota akan menyelenggarakan kegiatan event maka otomatis persiapan fisik berupa infrakstruktur akan menjadi perhatian utama, disamping persiapan SDM yang menangani event tersebut. Tentu saja setelah suatu destinasi menyelenggarakan event, maka event tersebut jangan diselenggarakan “sekali terus mati”. Event yang mempunyai kontinuitaslah yang dapat menjadikan destinasi dapat terus dikenal dan dikenang masyarakat. Penulis tidak bosan-bosan untuk selalu menjadikan Jember Fashion Carnaval (JFC) sebagai best practice bagi destinasi atau daerah di Indonesia yang menjadikan event sebagai penggerak pertumbuhan daerah yang mempunyai multiplier effect, atau bahkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi daerah tersebut..JFC yang digagas Dynand Fariz, pada tahun 2011 berada pada penyelenggaraan yang ke-sepuluh sudah menjadi icon destination. Tidak hanya nama Jember yang terangkat bahkan sudah mengangkat nama Indonesia, bisa dibuktikan dengan luasnya media coverage secara internasional. Bisa dikategorikan bahwa JFC merupakan hallmark-event. Event-event besar, baik hallmark-event apalagi megaevent dapat menjadi public relations suatu negara/daerah. Sehingga terbentuk image bahwa negara/daerah itu aman, karena bisa menyelenggarakan event dengan sukses. Indonesia pada tahun ini akan menggelar 600 event internasional. International event tersebut apakah masuk dalam mega-event atau hanya sekedar local event ? Memang adalah suatu prestasi tersendiri jika kita dapat menyelenggarakan international event, namun jika eventevent internasional tersebut kurang mengundang perhatian dunia, ini tentu saja akan lain dampak image-nya.

TER Politeknik Negeri Jakarta (9, 12 dan 17 April 2011), SDM pada sektor MICE ini sangat menarik statement beliau, “Jangan takut ditiru, si- memang dibutuhkan orangorang yang sangat-sangat lahkan meniru. Karena setiap event pasti punya keunikan kreatif, jangan takut ditiru tersendiri”. Beliau dengan JFC-nya sudah mempunyai perencanaan kedepan mau dibuat seperti apa. Memang agak jarang orang yang mempunyai idealisme, namun harus terus dimunculkan. SDM pada sektor MICE ini memang dibutuhkan orang-orang yang sangat-sangat kreatif, jangan takut ditiru. Jangan sampai Indonesia mempunyai event yang sama satu sama lain antar organizer atau antar daerah. Karena banyak eventevent kita ‘event latah’, kalau tidak menyebut meniru. Kita banyak melihat event, khususnya pameran yang sangat rawan ditiru dan mirip-mirip. Banyak persoalan muncul, bukanlah dikarenakan faktor bisnis semata melainkan ada faktor yang tak kalah pentingnya adalah kompetensi SDM yang menangani event tersebut.

Persoalan “koor-si” Persoalan lain lain muncul ketika kita bicara “koor-si” atau ‘koordinasi’ dan ‘sinergi’ antar birokrasi. Salah satunya terungkap pada saat Munas ASPERAPI di Jakarta beberapa waktu yang lalu, ketika instansi yang melayani event pameran sama-sama meng-klaim dibawah koordinasinya, yaitu kementerian perdagangan dan kementerian kebudayaan & pariwisata, belum lagi pihak pajak dan bea cukai yang menganggap organizer melakukan transaksi penjualan. Masih ada yang kurang melakukan “koor-si” (koordinasi & sinergi) yaitu antara pemerintah pusat dan daerah. Apalagi dengan semangat otonomi daerah, setiap daerah seolah-olah bisa melakukan apa saja terhadap daerah kekuasaanya. Namun apakah benar instansi-instansi tersebut melakukan sinergi, jangan-jangan koordinasipun belum dilaksanakan. Melihat dari beberapa aspek yang muncul di Indonesia, sebenarnya benarkah Indonesia menjadikan MICE sebagai primadona ? Atau jangan-jangan hanya meniru atau latah. Wallahualam bisawab.

Juni 2011 I

I 41

KLINIK EVENT

Merajut Payung Event Insurance Oleh Pius Kia Tappona

Bayangkan kita sedang rindu makanan yang yang khas kita banget. Tak perlu tunggu sampai lapar. Sedang dalam keadaan kenyangpun kalau selera itu datang, kenyang atau lapar sama saja. Malah jika kita sedang lapar, tidak ada kerinduan akan sesuatu yang khas. Semuanya pasti ok. Lalu kemana kita harus cari makanan yang khas tersebut. Ke warung, di sana semua yang disediakan adalah biasa-biasa saja. Ke resto, kata pegawainya menu khas nasabah itu tidak ada. Yang ada menu khas restoran dan siapa saja dapat menikmati kekhasan makanan yang disajikan restoran dan bukan kekhasan makanan nasabah yang disajikan restoran. Semua sama, dari raja sampai akar rumput. Bayangkan kita sedang siap-siap untuk melakukan suatu kegiatan pameran atau pertunjukan atau festival dan sejenisnya. Kita sebut saja dalam tulisan ini EVENT, seperti judul di atas. Dalam salah satu rapat persiapan teknis pasti seseorang yang berkepentingan dalam urusan manajemen risiko akan berteriak untuk memiliki sebuah payung asuransi yang pakem yang bisa memayungi semua risiko yang mungkin terjadi. Ke restoran asuransi mana kita harus mencari payung tersebut? Kita mendatangi perusahaan asuransi, dan jawabannya mungkin dalam bentuk pertanyaan, apa itu. Ada yang barangkali mengatakan, kami punya produk dari a sampai z, tetapi yang namanya Event Insurance itu belum pernah kami dengar.Memang produk asuransi itu sangat standar, mungkin dijahit, ditambal, disulam sana sini untuk kepentingan nasabah tertentu. Semuanya sama, seperti sajian makanan di restoran dan warung. Secara turun temurun, dari segi ekonomi, kebutuhan akan asuransi sebenarnya ada di pundak nasabah. Perusahaan asuransi itu merupakan institusi yang menawarkan jasa perlindungan, kalau anda ditimpa petaka ini dan itu, maka kerugian masyarakat nasabah akan diganti. Demikian kalau kita pasang rumus hukum ekonomi dalam hal jual beli asuransi. Maka pada setiap polis asuransi, kita sebagai nasa-

42 I

I Juni 2011

bah menandatangani surat permohonan, dan perusahaan asuransi menyetujui permohonan kita dengan membubuh tandatangannya pada kontrak yang disebut polis asuransi. Maka seorang Manager Risiko pada suatu perhelatan seharusnya mampu merajut sebuah payung yang dapat menaungi kegiatan pameran atau apapun dari awal persiapan perhelatan sampai saat panitia perhelatan dinyatakan bubar.

Bagaimana memulai Rajutlah aktivitas tersebut dari awal dimulainya kegiatan sampai akhir, dan identifikasi risiko apa yang akan terjadi sepanjang jalan aktivitas tersebut. Risiko dalam pemahaman ini adalah risiko yang mendatangkan hanya kerugian. Risiko yang berkaitan dengan atau untung atau rugi, kita kesampingkan untuk kesempatan yang lain. Apa konkritnya? Awal kegiatan, pasti melibatkan Seorang Manaorang/manusia. Risiko apa yang ada di sana? Manusia ger Risiko pada itu sakit, kecelakaan, mati. Andai hal ini melibatkan suatu perhelatorang kunci dalam kegiatan ini, maka kegiatan akan an seharusnya macet. Dalam persiapan itu, kita perlu memobilisasi mampu merajut sumber daya dari berbagai tempat. Barang yang akan sebuah payung dipamerkan, selebriti penyanyi yang mau show,. Di yang dapat mesini, risiko perjalanan perlu dipikirkan. Sementara naungi kegiatan tiba di tempat pameran, tenda harus dibangun, barang pameran atau yang akan dipamerkan harus ditata, kemudian kalau apapun dari awal sudah selesai, panggung dibongkar, barang-barang sampai saat pani- dikirim kembali ke asalnya.Sementara itu, pada hari tia dinyatakan H, masyarakat pengunjung membludak, bertumpah bubar ruah di arena pameran atau pertunjukan. Kita bayang-

FOTO: PEGGYAPL

kan, andaikata terjadi gempa bumi. Andaikata terjadi kebakaran,andaikata., dan andaikata yang lain. Maka dari peta perjalanan di atas, seorang Manager Risiko untuk perhelatan ini bisa mendapat gambaran semua andai-andai di atas. Andai seorang Pelaksana Kunci karena sesuatu hal tidak bisa melanjutkan tugasnya. Andaikata terjadi gempa bumi, andaikata banjir, andaikata huru-hara, andaikata terjadi anu... Kalau sudah jelas seperti ini, tinggal saja mencari alternatif untuk mengatasi risiko-risiko tersebut di atas. Ada kisah menarik dari seorang teman yang kebetulan bekerja di perusahaan asuransi. Pada suatu ketika ada pengiriman 16 pesawat dari Amerika. Yang namanya Asuransi Pesawat itu, pintunya hanya di Lloyd London. Dan karena satu-satunya, harga mengikuti apa maunya dia. Maka, perusahaan asuransi itu daripada bayar uang ke Lloyd, lebih baik ditelan sendiri. Maka, mereka berdoa. Pesawat pertama tiba dengan selamat di Halim. Kedua....ketiga....dan terakhir.... selamat. Maka semuanya bersukaria, tertawa dan menangis berpelukan (te-

letubis), dalam sukacita yang luar biasa. Suatu ketika, hal yang sama dilakukan untuk sebuah kapal penumpang yang berlayar dari Pulau Jawa ke arah Indonesia Timur. Tanpa diduga, kapal itu tenggelam. Perusahaan asuransi itupun ikut tenggelam. Untung ada yang membawa pelampung penyelamat dan perusahaan asuransi itu dapat diselamatkan. Saya sengaja mengutip kisah di atas, untuk menyampaikan bahwa ada banyak cara untuk mengatasi, menghindari, atau mengalihkan risiko, salah satunya adalah merajut Payung Event Insurance. Tapi kita tidak bisa menghindari risiko hanya dengan berdoa. Batu adalah batu dan tidak bisa diubah menjadi roti. Risiko adalah risiko dan tidak bisa diubah nenjadi rezeki.

Juni 2011 I

I 43

PROFILE

Budhi Hendarto

Menduniakan Minuman Khas Indonesia

K

ata “menduniakan” berungkali keluar dari bibir Budhi Hendarto (62 tahun). Maksudnya? Sederhana saja. Membuat aneka macam minuman dan makanan khas Indonesia agar memasuki pasar dunia seperti minuman dan makanan dari pelbagai negara. Budhi – begitu pria kelahiran Solo ini disapa – berujar,” Mengapa minuman-makanan dari luar bisa merajai dunia, gerainya terdapat di mana-mana? Kalau dulu kita dijajah dengan senapan atau bedil, sekarang kita dijajah dengan makanan dan minuman dari luar.”

44 I

I Mei 2011

Ironisnya, menurut Budhi, dengan semakin banyak kita mengonsumsi makanan-minuman produk luar, semakin mengalirlah uang kita ke negara-negara pemilik produk tersebut. “Ini sangat menyedihkan kita,” ujar pria yang pernah kuliah enam semester di Fakultas Tehnik Sipil Universitas Parahyangan, Bandung ini. “Sebaliknya, kalau kita bisa menduniakan minuman-makanan Indonesia, otomatis uang dari luar pun akan mengalir ke negara kita,” kata mantan Presiden Direktur sebuah perusahaan swasta ini. Budhi mengakui, gagasan yang memompa adrenalinnya di usianya yang sudah mulai senja ini bukan isapan jempol. “Kalau kita doyan makanan dan minuman yang berasal dari luar negeri – entah itu dari Eropa, Amerika, Korea, Jepang – mengapa minuman-makanan kita juga tidak bisa disukai oleh masyarakat di negara-negara tersebut. Nenek

PROFILE

moyang kita tidak pernah mewariskan rasa makanan-minuman mereka kepada kita, namun akhirnya kita suka juga. Jadi ini hanya masalah edukasi kultural saja,” papar trainer di sejumlah perusahaan dan perguruan tinggi ini. “Saya sih tidak fobi terhadap minuman-makanan dari luar. Yang saya persoalkan adalah mengapa kita tidak melakukan hal yang sama dengan cara mengemas makanan-makanan khas Indonesia sebaik-baiknya dan kita pasarkan ke luar negeri,” papar Budhi. Di mata Budhi, selera (rasa) lidah itu universal. “Kalau diberi penjelasan yang masuk akal, orang pasti bisa menerima. Misalnya, bawang putih. Kita harus katakan, bawang putih baik untuk kesehatan. Atau, kita juga bisa katakan kepada orang Barat, jangan banyak minum alkohol untuk menghangatkan badan tapi konsumsilah makanan herbal, cabe, atau minum air jahe,” katanya.

Lada hitam Maka, sejak mengakhiri kariernya sebagai profesional di sejumlah perusahaan alias pensiun, Budhi langsung tancap gas. Sejak beberapa tahun lalu ia memroduksi salah satu minuman khas Indonesia yaitu bandrek dengan diberi nilai tambah “bandrek lada hitam.”

46 I

I Mei 2011

Budhi tak kekurangan alasan mengapa ia memilih minuman ini. “Ini adalah kekayaan nutrisi bangsa kita yang sudah kita kenal sejak zaman doeloe, apalagi dibumbui dengan lada hitam. Kalau boleh kita bilang, Belanda menjajah kita karena mereka ingin mencari rempah-rempah kita dan mereka ambil habis-habisan untuk dibawa ke negaranya,” kata trainer PPS Allianz Pusat ini. Bandrek memang bukan minuman baru. Namun, minuman asli bumi Parahyangan ini kini mulai ‘hilang’ dari pasaran, khususnya bandrek lada hitam. “Padahal, minuman ini sangat bagus untuk merawat kesehatan terutama melancarkan peredaran darah,” tutur suami Yosephine Tjandra ini. Menurut Budhi, sejak ia ‘menghidupkan’ kembali tradisi minum minuman kerkhasiat untuk kesehatan, kesadaran masyarakat mengonsumsi minuman sejenis mulai meningkat. “Sambil menghidupkan pasar di dalam negeri, cita-cita saya memasarkan minuman ini secepatnya ke mancanegara,” ujar pria yang secara bersamaan ‘menggarap’ nasi goreng khas Indonesia dengan tujuan yang sama. Dengan upaya ‘kecilnya’ ini, Budhi punya idealisme, yaitu menggelorakan spirit keindonesiaan di kalangan generasi muda. Berulangkali ia ingin menjelaskan pentingnya membangun negeri ini demi meningkatkan kesejahteraan rakyat. Indonesia harus sejajar dengan negara-negara maju lain. Indonesia punya kekayaan alam yang tidak dimiliki negara lain. Di usianya yang sudah berkepala enam, semangat Budhi masih tampak berkobar-kobar. Dalam setiap kesempatan, ia selalu mendorong spirit kalangan muda Indonesia untuk mengembangkan produk lokal dengan sasaran pasar dunia. Frans Sihol Siagian

Biodata Singkat Nama

: FX Budhi Hendarto (62 tahun)

Pendidikan

: Fakultas Teknik Sipil Unika Parahyangan, Bandung

Status keluarga : Istri 1 dengan Anak 3 Hobi

: Berorganisasi dan memberikan seminar/training

Karier - Masuk ke PT TIRA AUSTENITE Tbk. 1973 - Salesman, Supervisor, Kepala Cabang Bandung, Kepala Cabang

Jakarta, Sales Manager, Marketing Manager, Kepala Divisi (1973 - 1991) - Direktur P Tira Austenite Tbk (1991-2006) - Merangkap sebagai Presiden Direktur PT Tira Andalan Steel (2002 – 2006) - Merangkap sebagai Wakil Presiden Direktur PT.ANEKA GAS INDUSTRI

(1997 – 2004) & Presiden Direktur PT. MG GAS (1997 – 2006) -1 Juli 2006 pensiun dari PT.Tira Austenite group. - Direktur Marketing PT.Indovickers (2006 – 2008 ) - Trainer PPS ALLIANZ Pusat ( Professional Patterns of Selling)

LEISURE

Sekali Berlayar, Dua Tiga Pulau Terlampaui

Pulau Bidadari memang eksotis. Pasir putih dan pemandangan sunset-nya memukau.

48 I

I Juni 2011

B

erjarak 14 km, menyeberang dari Marina Ancol, Jakarta Utara, pulau seluas 7 hektare ini adalah satu-satunya pulau di Kepulauan Seribu yang nyaman sebagai tempat untuk melihat keindahan Kota Jakarta kala malam hari. Semula pulau ini merupakan hutan semak belukar dan tidak berpenghuni. Pada awal tahun 1970 PT Seabreez mengelola pulau ini untuk dijadikan sebagai resort wisata. Kemudian secara bertahap pulau ini dikembangkan menjadi resort yang menyimpan perpaduan antara pelestarian alam, situs sejarah dan rekreasi laut. Dari Marina Ancol Pulau Bidadari dapat dicapai dalam waktu sekitar 20 menit, dengan menggunakan speed boat. Di Pulau Bidadari, kita dapat melakukan aktivitas seperti berkeliling pulau dengan berjalan kaki atau

menyewa sepeda sambil mengunjungi situs sejarah Benteng Martello atau melihat lumba-lumba. Kegiatan lainnya seperti melakukan kegiatan outbound, jogging, bermain ATV, perahu tamasya, banana boat, jet sky, kano, berenang, memancing di tepi pantai, bersantai dan melihat matahari terbenam (sunset). Tersedia juga fasilitas pendukung, seperti billiard hall, lapangan voli, lapangan basket, taman, musalla, jogging track, toko suvenir, cottage, floating cottage, bungalow, gazebo-gazebo di tepi pantai, dan restoran. Sebagian besar wilayah pulau ditumbuhi aneka tanaman, termasuk berbagai tanaman langka, pohon buah-buahan, dan hutan mangrove yang terpelihara dengan baik. Berbagai binatang langka juga menghuni pulau ini di antaranya biawak dan elang bondol. Di sini terdapat pula penangkaran lumba-lumba

PULAU BIDADARI: Kita dapat melakukan aktivitas seperti berkeliling pulau dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda sambil mengunjungi situs sejarah Benteng Martello

Juni 2011 I

I 49

LEISURE

Cottage model panggung didesain mirip dengan rumah adat Minahasa.

50 I

I Juni 2011

yang dipelihara secara baik dan ilmiah. Pulau Bidadan Pantai Marina Ancol dengan jarak Selain alam, flora dan fauna yang memedari memiliki kurang lebih 14 kilometer dan dapat sona, Pulau Bidadari juga menawarkan ditempuh selama dua puluh menit. Onresort yang situs bersejarah berupa benteng peningrust sendiri menurut bahasa Belanda galan zaman VOC yaitu Benteng Mor- berada di atas artinya “tanpa istirahat� atau sibuk atau tello. Benteng seluas sekitar 23 meter laut yang dalam bahasa Inggris disebut unrest. persegi, tebal dinding 2,55 m dan tinggi dikenal deSedangkan penduduk setempat menye6 m tersebut dilengkapi dengan beberapa ngan cottage butnya Pulau Kapal, karena pada Abad meriam kuno. 17-18, pulau ini sangat sibuk disinggahi apung Untuk penginapan, Pulau Bidadari juga kapal-kapal VOC. Selain itu Pulau Onmemiliki resort yang berada di atas laut rust sebagai tempat perbaikan dan pemyang dikenal dengan cottage apung. Cottage ini beru- buatan kapal, sehingga memang benar-benar pulau pa rumah panggung di atas air layaknya perkampun- ini sangat sibuk pada masa itu. gan nelayan. Selain itu, juga terdapat cottage di darat Museum Onrust adalah satu-satunya bangunan yang terdiri dari dua model yakni model panggung yang masih berdiri dengan utuh. Di museum ini terdan model bukan panggung. Cottage model panggung catat dengan rapi berbagai perkembangan pulau ini didesain mirip dengan rumah adat Minahasa. dari waktu ke waktu. Dari Pulau Bidadari, kita bisa juga mengunjungi Sejarah singkatnya: antara tahun 1803-1810 Pulau pulau lainnya seperti Pulau Onrust, Pulau Kahyangan Onrust 3 kali digempur oleh Inggris, dan terakhir (Pulau Nirwana/ Pulau Cipir) dan Pulau Kelor yang pada tahun 1810 armada Inggris yang dipimpin oleh mempunyai nilai sejarah di masa lampau. Pulau-pu- Admiral Edward Pellow menghancurkan sarana dan lau tersebut pada zamannya pernah digunakan oleh prasarana Pulau Onrust. Pemerintahan VOC sebagai benteng pertahanan unPada tahun 1848 mulailah Pulau Onrust dan tuk menjaga Jakarta dan juga sebagai tempat untuk sekitarnya oleh Belanda difungsikan kembali menberlabuhnya kapal sebelum menuju ke Jakarta. jadi pangkalan Angkatan Laut. Namun prasarana ini Pulau Onrust sangat mudah dicapai dengan trans- hancur oleh gelombang tsunami (letusan Gunung portasi laut, bisa melalui Muara Kamal, Muara Angke Krakatau tahun 1883). Teguh S. Gembur

HOTEL

Pulau Bidadari Resort

The Nature of Island Bising dan hiruk pikuk Kota Jakarta, saat itu serta merta sirna. Dari Dermaga 17 Pantai Marina Ancol, dengan menggunakan speedboat dua mesin berkapasitas 200 PK, bersama 25 orang, kami menuju Pulau Bidadari Resort, The Nature of Island.

52 I

I Juni 2011

S

elama 20 menit, kami menyeberangi laut Teluk Jakarta. Cukup menarik. Sebab di laut Teluk Jakarta ini, masyarakat bisa menghirup udara yang bebas dari polusi. Keindahan Pulau Bidadari mulai tampak, sekitar lima menit sebelum speedboat yang kami tumpangi menyandar di dermaga yang terletak di depan lobi resort. Setelah kapal menyandar, kami pun disambut dengan senyuman dan segelas orange juice sebagai welcome drink di lobi resort yang tampak hijau. Selesai mengurusi keperluan kamar, kami pun diarahkan langsung ke Restoran Bidadari untuk makan siang. Restoran Bidadari adalah salah satu outlet di Pulau Bidadari Resort yang dijadikan tempat untuk bersantap pagi, siang, dan malam secara buet. Paket menginap di resort ini memang sangat menarik, sebab tamu mendapat pelayanan makan sebanyak tiga kali sehari. Restoran bergaya arsitektur Manado ini sangat menarik baik secara view maupun untuk bersantai. Pasalnya, restoran yang Seluruh propertinya menggunakan kayu ini difasilitasi dengan menu seafood yang sedap, dan free akses wiďŹ . Jadi, sembari berselancar di dunia maya, kami pun bisa mengakses birunya laut Teluk Jakarta dan view Kota Jakarta. Pulau Bidadari Resort yang berdiri pada tahun 1976 ini memiliki luas area sekitar 6 hektare, berikut hutan dengan pohon-pohon langka dan benteng cagar bu-

HOTEL outbound di pulau ini. Mereka datang dari berbagai korporasi yang berada dari Jakarta dan luar Kota Jakarta. Dan, Pulau Bidadari Resort ini memiliki fasilitas outbound dan water sport yang menarik sekaligus menantang adrenalin setiap tamu. Udara yang segar dan air laut yang tenang di Pulau Bidadari akan membuat pengalaman yang sangat menyenangkan saat outbound maupun menjelajah Teluk Jakarta dengan menggunakan jet sky, dan banana boat. Area Pulau Bidadari Resort yang dianugerahi pasir putih dan lembut sangat cocok untuk beberapa fasilitas outbond seperti ying fox, volley pantai, tenis meja, futsal, atau tarik tambang di tepi pantai, berenang bersama dolphin, hingga playground buat anak-anak. daya warisan Belanda yang masih terus dilestarikan oleh pemerintah DKI Jakarta. Pulau Bidadari Resort memiliki 48 kamar dengan berbagai jenis atau tipe. Untuk kamar tipe family ada 23 kamar, 8 di antaranya adalah family oating. Kamar jenis suite berjumlah 3 kamar, 1 kamar berbentuk cottage, 2 kamar lainnya berbentuk panggung, dengan sea view. Sedangkan kamar jenis deluxe yang berjumlah 22 kamar, 21 kamar di antaranya dengan sunset view, selebihnya menghadap taman. Di dalam kamar, selain fasilitas tempat tidur yang nyaman, juga ada fasilitas TV kabel, air mandi hangat, dan telepon. Ada dua hal menarik dari berbagai jenis kamar yang ditawarkan oleh Bidadari Resort. Pertama, ada jenis kamar suite yang bentuknya panggung dengan arsitektur Manado. Kedua, jenis kamar family oating dengan view sunrise dan panorama sunset Teluk Jakarta. Kedua jenis kamar ini selalu penuh, saat weekend dan peak season.

Menarik untuk Pre-Wedding Pulau Bidadari Resort, selain memiliki pesona yang eksotik, juga memiliki spot yang menarik untuk dijadikan acara pre-wedding. Beberapa titik tersebut di antaranya, di depan dan di sebelah barat dermaga Pulau Bidadari Resort, di dermaga area family oating, dan Benteng Martello. Saat sore menjemput, rona matahari begitu eksotik untuk dijadikan background foto pre-wedding yang sentimental. Dan pada sore itu, titik-titik di dermaga tersebut pun penuh oleh beberapa pasang calon pengantin yang melakukan pengambilan foto. Resort ini pun dibekali pula dengan fasilitas make up room, yang berada di depan lobi resort.

Outbound dan Water Sport Tentunya, kurang asyik rasanya, saat berlibur di Pulau Bidadari Resort, bila tak menjelajah seluruh isinya. Sebab, setiap sudut pulau ini memiliki objek yang menarik. Selain menjadi resort yang nyaman untuk berlibur, Pulau Bidadari pun memiliki pesona ekowisata yang menarik. Banyak tumbuhan hijau dan besar di pulau ini Kicau burung di pagi dan siang hari menjadi sesuatu yang menakjubkan. Hewan seperti biayak besar laksana komodo kecil pun menjadi pemandangan indah, saat ia keluar dari sarangnya untuk mencari makan di tengah hutan atau di pinggir pantai. Karena itulah, meski terletak di tengah laut, di Teluk Jakarta, tak menyurutkan minat para tamu untuk menggelar agenda kegiatan seperti outing, dan

54 I

I Juni 2011

Spot yang juga sayang untuk dilewatkan adalah Benteng atau Menara Martello. Menara Martello yang dibangun pada tahun 1850 dan hancur akibat terjangan gelombang akibat letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 ini, sangat pas untuk foto pre-wedding dengan konsep tempo doeloe. Pulau Bidadari Resort juga menjadi tempat yang representatif, untuk mengakses tiga pulau yang ada di sekitarnya yaitu Pulau Kahyangan, Kelor, dan Onrust. Pastinya, Pulau Bidadari Resort adalah sungguh tempat bermalam yang mengasyikan dan sarat akan kenangan. Fatkhurrohim

RESTO

Keyaki Japanese Restaurant

Robatayaki, Nikmatnya Sate Khas Jepang Keyaki Japanese Restaurant menawarkan aneka hidangan otentik khas Jepang. Sejak pertama dibuka, restoran ini telah menjadi pilihan pertama bagi penikmat masakan Jepang di Jakarta. Restoran ini beroperasi bersamaan dengan dibukanya Sari Pan Pacific tahun 1976 dengan brand Furusato. Pada tahun 1987, Furusato berganti nama menjadi Keyaki Japanese Restaurant. Restoran ini memiliki interior dan tata ruang yang modern, sangat menunjang untuk tempat makan kaum eksekutif. Di ada ada ruang makan khusus untuk pembicaraan bisnis. Restoran ini menawarkan beragam pilihan kuliner Jepang seperti Teppanyaki, Robatayaki, Sukiyaki,

56 I

I Juni 2011

Yakiniku serta beragam Sushi. Menu andalannya yaitu Hamachi Kama, menu yang berasal dari pipi ikan Hamachi ini digrill dan disajikan dengan saus special. Ada pula Mix Kinoko Foil, berupa sup campuran jamur yang disajikan dalam almunium foil dengan ramuan dashi yang spesial dari Chef Matsui. Restoran ini juga menyediakan JYu-Jyu Mix Steak, yakni campuran steak daging sapi, salmon, dan gindara yang disajikan di atas hot plate dan hot stone dilengkapi dengan sayuran. Untuk jenis masakan mi ramen ada Nabeyaki Udon, yakni spesial mi Jepang Udon disajikan dengan daging ayam, sayuran, telur, dan tempura. Untuk menu dessert, yang paling diminati yaitu Kurogama Ice Cream, sejenis es krim racikan Chef Matsui yang terbuat dari campuran pasta wijen hitam ala Jepang. Rasanya lembut dan manisnya tak terlampau tajam. Sangat pas untuk pengunjung yang

KEYAKI DRAGON ROLL

ROBATAYAKI

SALMON AVOCADO ROLL

tak suka makanan terlampau manis. Namun demikian, di antara deretan menu-menu andalan tersebut, ada satu menu yang paling banyak peminatnya. Yakni Robatayaki atau sate khas Jepang. Sate dari negeri Sakura ini bumbunya sederhana. Rasanya gurih-gurih enak apalagi saat dimakan panas-panas. Bisa dicelup saus dan disuap dengan nasi Jepang. Setiap hari konter Robatayaki menyediakan berbagai pilihan hasil laut segar seperti aneka jenis ikan, udang, kerang, cumi – cumi; aneka pilihan jamur; daging sapi, dan sayur buah. Bermacam jenis makanan tersebut diberi rendaman saus Jepang yang unik, kemudian dipanggang dan disajikan dengan saus special kreasi Chef Riichiro Matsui. Sebagai makanan penutup, disajikan berbagai menu pilihan di antaranya yang menjadi favorit pengunjung adalah Ogura, yakni sajian es krim Keyaki

ICE CREAM

terbuat dari kacang merah. Ada pula Melon a la Mode yaitu buah melon disajikan bersama es krim Ogura. Disajikan pula Uji Kintoki, yaitu es krim disajikan dengan kacang merah, Dorayaki dan Yaki Banana, yakni pisang bakar disajikan dengan es krim. Keyaki menampung sekitar 158 tamu dan dilengkapi pula dengan VIP room dan 2 Tatami room. Keyaki Japanese Restaurant dapat pula dijumpai di beberapa hotel yang tergabung dalam Pan Pacific Group di antaranya di Pan Pacific Singapore dan Pan Pacific Bangkok. Keyaki Japanese Restaurant buka setiap hari mulai pukul 11.30 sampai dengan 14.30 untuk makan siang dan pukul 18.00 sampai dengan pukul 22.30 untuk makan malam. Pada hari Sabtu dan Minggu, Makan Siang Prasmanan dimulai pada pukul 11.00 sampai dengan pukul 14.30. Teguh S. Gembur

Bermacam jenis makanan tersebut diberi rendaman saus Jepang yang unik, kemudian dipanggang dan disajikan dengan saus special kreasi Chef Riichiro Matsui

Juni 2011 I

I 57

VENUE

Wonderful Meeting at Quest Hotel Semarang Quest Hotel Semarang yang dikelola oleh manajemen Aston Internasional ini dibekali dengan fasilitas sebuah ballroom dan empat meeting room dan free function, dengan lay out ruangan yang apik nan modern. Itu sebabnya, hotel ini tumbuh dan cukup diperhitungkan di Kota Semarang dalam hal meeting. Diamond ballroom, yang dihiasi dengan bola kristal adalah bukti betapa lay out design ruangan sengaja dikonstruksi untuk sebuah kemewahan. Beberapa meeting room tersebut adalah Diamond Ballroom, Shapire, Jade, Ruby, Topaz, dan free function yang bisa dimanfaatkan sebagai meeting room. Dan, ruangan-ruangan meeting ini terletak di lantai satu dan lantai dua. Di lantai satu ada dua meeting room, yaitu Diamond Ballroom dan Topaz. Dua meeting room di lantai satu ini memiliki view taman hotel yang hijau dan asri.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, geliat dan aktivitas meeting incentive convention exhibition (MICE) di Kota Semarang, Jawa Tengah, terus menunjukan pertumbuhan yang positif. Meski, belum memiliki sebuah venue yang besar, namun hal ini dapat diatasi dengan kian bertumbuhnya fasilitas meeting di beberapa hotel berbintang di kota itu. Salah satu hotel yang siap menyambut gairah kegiatan agenda MICE, utamanya meeting, adalah Quest Hotel Semarang. Banyak agenda meeting dari korporasi yang berasal dari luar Kota Semarang seperti Jakarta dan kota lainnya digelar di sini. Pasalnya, hotel dengan strata bintang tiga ini memiliki design ruangan dan fasilitas yang modern. Sehingga, sangat nyaman untuk menggelar kegiatan meeting.

58 I

I Juni 2011

Tentukan Kebutuhan Ruanga Diamod Ballroom memiliki kapasitas maksimal 600 orang untuk skala theater, 500 orang untuk standing, 300 orang pada classroom, 280 orang roundtable, dan 200 orang untuk u-shape. Masih di lantai satu, untuk meeting dengan skala yang kecil ada Topaz meeting room. Ruangan ini, memiliki kapasitas maksimal 20 orang untuk classroom dan roundtable, standing, serta 15 orang untuk u-shape dan theater.

Sedangkan di lantai dua, ada tiga meeting room. Yaitu, Shapire, Ruby dan Jade. Shapire meeting room menjadi sesuatu yang istimewa. Sebab meeting room yang satu ini memiliki balkon. Sehingga menjadi ruangan meeting yang mengasikkan saat rehat tiba. Ruangan Shapire ini memiliki kapasitas 150 orang untuk sekala theater, 100 orang untuk standing dan roundtable, 80 orang pada settingan classroom dan 60 orang u-shape. Di lantai dua, juga ada ruangan yang bisa di break up atau dipartisi menjadi dua ruangan meeting, yaitu Jade dan Ruby. Kedua meeting room ini memang berukuran lebih kecil dibandingkan Shapire. Akan tetapi, kedua ruangan tersebut masih cukup nyaman untuk menampung kapasitas 80 orang pada skala theater, 60 orang pada skala roundtable, 50 orang untuk classroom dan standing, serta 35 orang pada gaya u-shape. Selain beberapa meeting room tersebut, Quest Hotel Semarang pun memiliki ruangan yang cukup representatif lainnya. Yaitu free function, dengan kapasitas yang lumayan besar. Free function ini mampu menampung 150 pax pada setting theater, 100 pax untuk standing, 70 pax pada gaya raoundtable, 60 pax untuk classroom dan 40 pax bila dibuat gaya u-shape. Bagi yang ingin mengemas event atau agenda meeting dengan gaya nonformal, area kolam renang yang berada di lantai tiga dan court yard yang berada di lantai satu, bisa disetting dalam out door party berikut barbeque, dengan daya tampung maksimal 10 – 15 orang. Jelajahi Paket dan Fasilitas Meeting Quest Hotel Semarang yang terletak di Jalan Plampitan No.37-39 Kota Semarang ini juga menyediakan beragam fasilitas untuk peserta meeting, seperti free wifi, free function rooms, registration table, standard soundsystem, mineral water & candies, memo pad & pen, white screen. Free wifi di ruangan meeting pun terbilang cukup cepat dengan bandwidth yang cuku besar pula. Ruangan-ruangan meeting di Quest Hotel Semarang ini dapat diakses melalui dua pintu, yakni langsung dari parkir kendaraan tamu dan satu lagi bisa melalui dari lobi hotel. Hotel ini juga mudah diakses dari berbagai arah. Hanya 15 menit dari Bandara Ahmad Yani Semarang, 10 menit dari Stasiun Kereta Tawang, serta 5 menit dari pusat pemerintahan, perkantoran, pusat bisnis dan pusat perbelanjaan Simpang Lima, Semarang. Harga paket meetingnya pun sangat bersaing. Ada tiga jenis paket meeting yang ditawarkan oleh hotel yang mengambil tagline cool clean and comfy ini. Beberapa paket tersebut adalah Half Day Meeting, One Day Meeting, dan Full Day Meeting, dengan

kisaran harga antara Rp. 88.000 hingga 180.000 nett/person. Setelah meeting usai, para peserta yang berasal dari luar Kota Semarang bisa melakukan tour ke beberapa destinasi menarik di kota lumpia ini. Beberapa destinasi menarik di area sekitar Kota Semarang antara lain, kawasan pecinan yang terkenal pula degan pasar semawis. Hanya lima menit dengan berjalan kaki dari hotel untuk mencapai ke destinasi ini. Kemudian, ada kawasan wisata Kota Lama, yang juga membutuhkan waktu sekitar 5 menit dari Quest Hotel dengan menggunakan kendaraan mobil. Yang terkenal di kawasan wisata Kota Tua Semarang ini adalah Gereja Blenduk dan berbagai bangunan tua peninggalan Belanda. Untuk Anda para shopaholic, dalam waktu lima menit menggunakan kendaraan, Anda telah terhubung langsung ke kawasan Simpang Lima. Serta, 10 menit dengan menggunakan kendaraan, para peserta meeting bisa melihat secara langsung bangunan Lawang Sewu yang kesohor itu. Untuk menikmati paket wisata usai meeting ini pun bisa dikonsultasikan langsung dengan Quest Hotel Semarang. Fatkhurrohim

Juni 2011 I

I 59

OTOMOTIF

Toyota FJ Cruiser Trail

Kembalinya Sang Legenda

T

oyota kembali memasarkan Sport Utility Vehicle (SUV) besutannya, Toyota FJ Cruiser Trail. Mobil yang prototipenya pertama kali muncul di gelaran Australia Otomotif Expo 2010 tersebut, secara tampilan dan interior, cukup memikat penggemar fanatik Toyota Jeep. Di tahun 2011 ini model yang sudah beredar di jalanan adalah seri FJ Cruiser Trail Team. Trail Team bukan tipe pertama dari jenisnya, tetapi yang pasti model ini telah dilengkapi dengan perubahan teknologi terbaru dan maju. SUV ini datang dengan beberapa teknologi baru yang terhubung dengan fitur-fiturnya. Termasuk sistem audio terbaru jenis Premium JBL yang terkoneksi dengan satu iPod standar dan XM Radio Satelite. Untuk edisi spesialnya, fitur power side mirrors dengan ilumination markers, sedangkan kaca spion auto-dimming dilengkapi dengan sebuah monitor kamera cadangan. Edisi Trail Team juga dilengkapi dengan floating ball monitor dengan tipe multi-information, remote

60 I

I Juni 2011

keyless entry, cruise control dan privasi kaca belakang. Kabar yang beredar harga untuk edisi khusus ini dipatok sekitarUS$25.090 (untuk model 2WD) dan US$26.680 (untuk model 4WD transmisi otomatis). Menurut pabrikan asal Jepang itu, FJ Cruiser yang baru dijajakan tersebut lain dari yang lain. Karena, SUV ini mewarisi karakter legenda SUV Toyota FJ40 Land Cruiser yang kesohor selama 50 tahun terakhir. Land Cruiser diluncurkan pertama kali pada 1951. Dan hingga saat ini, seperti dilansir situs resmi Toyota, SUV itu telah terjual 6,3 juta unit di seantero dunia. Toyota menyebut, SUV itu dikenal sebagai kendaraan yang memiliki reputasi tinggi sebagai mobil off road terbaik dalam menaklukan medan terburuk. Teguh S. Gembur

GADGET

Two-Way HDMI Streaming Kit Pertama di Dunia

A

SUS meluncurkan WAVI, wireless HDMI kit pertama di dunia yang telah dilengkapi inovasi USB nirkabel duaarah untuk streaming konten dari PC ke TV layar lebar. WAVI (Wireless Audio Video Interaction) ditawarkan dalam paket dengan sepasang perangkat yang menjembatani jarak antara ruang kerja dengan ruang keluarga. Menonton film, memainkan game PC terbaru, akses ke jejaring sosial atau bahkan berbelanja online, semuanya dapat Anda lakukan pada TV layar lebar sambil duduk nyaman di sofa. WAVI HDMI streaming kit terdiri dari dua transceiver untuk input dan streaming dua arah. Berbeda dengan perangkat HDMI nirkabel lainnya, WAVI me-

62 I

I Juni 2011

mungkinkan pengguna mengatur konten PC dari ruang keluarga menggunakan keyboard dan mouse nirkabel, berkat dukungan Wireless USB. WAVI beroperasi pada frekuensi 5GHz dan memberikan jangkauan hingga 25 meter. Selain itu, dengan mode Extend, pengguna dapat terus bekerja di depan PC sambil menampilkan konten multimedia ke TV di ruang keluarga, sehingga memaksimalkan penggunaan PC di rumah, cukup dengan 1 PC untuk bekerja sekaligus menghadirkan pengalaman home entertainmentdi ruang keluarga. Proses instalasai WAVI sangat mudah, cukup dengan menyambungkan koneksi HDMI di tiap unitnya. Sambungkan pemancar ke PC dan penerima ke TV untuk hiburan nirkabel dengan koneksi HDMI. Apa saja yang dapat dinikmati pada PC kini dapat dinikmati pada TV di ruang keluarga, mulai dari streaming film blu-ray, bermain game PC tanpa lag, mendengarkan musik, terhubung dengan teman-teman di jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, atau berbelanja online. Semuanya dapat dilakukan sambil tetap duduk nyaman di sofa. Teguh S Gembur

NEWS

Media Gathering Dafam Kenalkan Manajemen Baru

U

ntuk yang ketiga kalinya setelah Jakarta, Bandung, Surabaya, Dafam Hotel & Resorts Indonesia kembali mengadakan Media Gathering. Kali ini acara digelar pada tanggal 28 April 2011 di Dixie Café, Yogyakrata, yang diikuti oleh media lokal maupun nasional. Dalam acara tersebut, selain untuk perkenalan jajaran manajemen baru, juga disampaikan pula tentang profil Dafam Hotels & Resorts yang

saat ini sudah mengoperasikan tiga hotel di tahun 2010. Yakni Dafam Semarang, Marlin Pekalongan dan Dafam Cilacap. Dan pada pertengahan tahun ini, akan dioperasikan juga Dafam di Yogyakarta dengan nama Grand Dafam yang memosisikan diri di kelas bintang 4. Managing Director Dafam Hotels & Resorts Andhy Irawan, yang didampingi Ninik Haryanti, serta Sales Team Corporate, menyatakan, saat ini, Dafam sedang menyelesaikan proyek di Pekalongan dengan nama Dafam Pekalongan. Target pembangunan Dafam Hotels & Resorts hingga tahun 2015 adalah 20 hotel yang tersebar di seluruh Indonesia. Acara yang sengaja dikemas dengan suasana santai ini pun mampu menghadirkan keakrabpan kalangan media dengan pihak manajemen. Selain itu, acara ini dibuat sebagai bentuk apresiasi bagi kalangan media yang selama ini diakuinya banyak memberi dukungan terhadap apa yang menjadi program Dafam Hotels & Resorts Indonesia. Fatkhurrohim

Milestone Pacific Hotel Group Luncurkan Maxonehotels.com

M

ilestone Pacific Hotel Group resmi menghadirkan MaxOneHotels.com @ Sabang, Jakarta, pada tanggal 29 April 2011. MaxOnehotels.com adalah hotel berancang bangun arstistik yang menyediakan akomodasi bergaya metropolis sekaligus berorientasi pada nilai, dengan perhatian khusus pada kebutuhan profesional yang dinamis. MaxOneHotels.com @ Sabang yang terletak di lokasi strategis, Jl. KH Agus Salim No. 24, kawasan Sabang, Jakarta, berkonsep online booking hotel (www. maxonehotels.com/web/id) dan siap menjawab gaya hidup masyarakat saat ini yang cenderung “mobile” dan menuntut layanan terbaik, praktis dan ekonomis dari sebuah hotel. Kamar tidur yang ditawarkan dengan ketentuan “Semakin awal Anda memesan, semakin murah Anda membayar”, ini tersedia sebanyak 87 kamar dalam tiga tipe pilihan yaitu, Happiness atau tipe standard room, Warmth atau tipe deluxe room, dan Love atau tipe suite room. Daniel Sulaiman, Chief Operating Officer menyatakan, MAX adalah pengurus hotel yang ramah dan penyayang. Dia mendedikasikan dirinya untuk melayani teman-teman dan para tamunya dengan sikap dan layanan terbaik. Dengan cintanya terhadap industri perhotelan, dia menciptakan usaha perhotelan yang berpusat pada tiga pilar utama yang mencerminkan jiwa, yakni Happiness,

64 I

I Juni 2011

Warmth, dan Love. Ketiga pilar ini, sekaligus menjadi layanan unggulan yang dipersembahkan oleh MaxOneHotels.com @ Sabang, Jakarta. MaxOneHotels.com tidak hanya mengedepankan rancang kamar yang fresh, young dan compact, namun juga memperlakukan seluruh tamu sebagai VIP di mana mereka berhak menikmati kasur eksklusif dengan empat bantal mewah, menikmati tidur malam yang nyenyak dan bangun sebagai pribadi yang baru. Hotel ini juga menyediakan outlet Alfa Express, Coffee World, ATM dan layanan binatu. Fatkhurrohim

NEWS

Di Hari Jadi Ke-3, GH Universal Hotel Resmikan Belle Vue

M

enginjak usianya yang ke tiga pada tanggal 16 Mei 2011, GH Universal Hotel menggelar acara launching logo baru, pengumuman pemenang quiz twitter GH Universal Dream Come True, serta soft opening bistro Belle Vue. Artwin Bunardi, F & B Manager GH Universal Hotel, menjelaskan, bertepatan dengan hari jadi ini, GH Universal memperkenalkan salah satu outlet terbarunya. Yakni restoran yang berkonsep cozy dengan view 360 derajat Kota Bandung. Resto andalan ini diberi nama Belle Vue. Masih dalam rangka hari jadinya yang ke-3 ini, GH Universal Hotel beserta seluruh karyawan turut memeriahkan “Car Free Day� di kawasan Dago, pada tanggal 15 Mei 2011. Kegiatan ini dirangkai dengan bakti sosial memberikan sumbangan ke Panti Jompo & Asuhan Al Kautsar di Lembang. Kemudian, pada tagnggal 17 Mei 2011, digelar acara pemilihan Mr & Ms GH Universal Hotel, yang

diikuti oleh para karyawan. Dari 10 kandidat yang ditetapkan, dipilih satu pasangan terbaik. Kriteria pemenang terbaik tersebut tentu tidak hanya bagus secara tampilan, tetapi juga menguasai seluk beluk hotel dan memiliki wawasan luas. Acara ulang tahun GH Universal Hotel ini ditutup dengan pertunjukan seni kabaret dan band yang personelnya adalah para karyawan. Fatkhurrohim

HARRIS Luncurkan Layanan Gratis Akses Internet di Mobil

H

ARRIS Hotel & Conventions Kelapa Gading, Jakarta, meluncurkan fasilitas terbarunya yaitu layanan gratis akses internet Wi-Fi yang tersedia di seluruh mobil operasional hotel. Fasilitas ini memudahkan para pelanggan yang ingin diantar atau dijemput untuk tetap dapat beraktifitas menggunakan internet di sepanjang perjalanan. Antoine Villette, General Manager HARRIS Hotel & Conventions Kelapa Gading mengatakan, pihaknya sangat senang dan bangga menjadi hotel bintang empat pertama di Indonesia yang menyediakan layanan internet gratis dalam mobil antaran. Tak hanya itu, pelanggan pun dapat menggunakan Ipad yang telah disediakan dalam mobil tanpa dikenakan biaya. HARRIS Hotel & Conventions Kelapa Gading juga telah meningkatkan kecepatan akses internet menjadi sebesar 5 Mbps di seluruh area hotel termasuk kamar. Meskipun kecepatannya

bertambah, layanan akses internet dalam hotel tetap gratis. Untuk memudahkan pelanggan yang berada di area publik hotel seperti lobi, restoran dan lounge serta ruang pertemuan, hotel ini memberikan fasilitas Wi-Fi. Sedangkan, fasilitas broadband atau kabel disediakan di seluruh kamar. Bagi pelanggan yang ingin tetap berselancar di dunia maya namun tidak membawa laptop, notebook atau perangkat elektronik pribadi lainnya, hotel ini menyediakan fasilitas Pojok Internet di area lobi yang juga dapat digunakan secara gratis. Fatkhurrohim

66 I

I Juni 2011

NEWS

Detikcom Luncurkan Aplikasi “Makan di Mana”

K

emajuan teknologi smartphone, seperti Blackberry, Android, dan Iphone memudahkan setiap pemiliknya untuk mengakses berbagai informasi. Termasuk kalangan pecinta kuliner. Dan kini, satu lagi layanan untuk menjelajah dunia kuliner, setelah terbentuknya kerja bareng antara portal berita detikfood.com dan pakar kuliner Bondan Winarno, dalam program aplikasi Makan di Mana. Budiono Darsono, founder detik.com menjelaskan, aplikasi makan di mana ini akan menginformasikan lokasi-lokasi rumah makan berikut peta. Ke depan aplikasi ini akan tampil juga di Ipad. “Kalau di Blackberry, Iphone dan Android sudah ada. Aplikasi ini telah menjadi gaya hidup makan di Indonesia,” terang Budiono. Sementara itu, pakar kuliner Bondan Winarno mengatakan, aplikasi ini sangat membantu pecinta kuliner untuk menemukan lokasi makan. Dengan hadirnya aplikasi ini, diharapkan mereka pun bisa menginformasikan kuliner ke orang lain. Aplikasi ini dapat diakses di Blackberry app World, Android, App Store (Iphone). Ada sekitar 18.000 database atau merchant lokasi rumah makan, di seluruh Indonesia dalam aplikasi ini, berdasarkan rekomendasi Bondan Winarno dan detik.com. Fatkhurrohim

Le Grandeur Gelar Aksi Donor Darah

Return to Innocence di Hotel Alila

D

L

e Grandeur Mangga Dua Hotel Jakarta melaksanakan ”Donor Darah” sebagai salah satu wujud kepedulian kepada masyarakat. Acara ini yang diselenggarakan pada hari Jumat, 6 Mei 2011, merupakan program rutin yang dilakukan setiap tiga bulan sekali. Dalam menyelenggarakan event kali ini, Le Grandeur menjalin kerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO). Para pendonor darah merupakan karyawan, tamu dan pengusaha komputer yang berada di area Mangga Dua Jakarta. Aksi sosial ini berhasil mengumpulkan sebanyak 97 kantong darah. Pimpinan Le Grandeur Mangga Dua Hotel berharap, aksi kemanusiaan ini akan membawa manfaat besar bagi banyak orang yang membutuhkan pertolongan. Yodi Sunjoyoputro, Public Relation & Communications Manager Le Grandeur Mangga Dua mengatakan, kegiatan ini akan terus dilaksanakan di masa-masa yang akan datang. Frans Sihol Siagian

alam rangka peringatan Hari Kartini, 21 April 2011, Hotel Alila Jakarta bekerja sama dengan Ve Dhanito menggelar pameran fotografi bertemakan “Return to Innocence- 7 Woman in Works”. Acara ini diselenggarakan pada 21 April - 5 Mei 2011 di Space Lounge Lt 3, Alila Hotel Jakarta. Pameran ini menampilkan 45 karya fotografi yang menggabungkan kreatifitas dari 7 wanita muda berbakat di bidangnya masing-masing. Acara ini terselenggara sebagai wujud penghargaan terhadap perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita dan bentuk kepedulian terhadap semakin banyaknya wanita yang menderita penyakit kanker. Dana yang terkumpul dari seluruh hasil penjualan pameran ini akan disumbangkan ke Yayasan Kanker Indonesia. Heni Juniarti, Public Relations Manager Alila Hotel Jakarta, mengatakan, hal yang menarik dari pameran ini adalah keseluruhan pemotretan berlokasi di Hotel Alila Jakarta. Frans Sihol Siagian

68 I

I Juni 2011

NEWS

Peringati Hari Bumi, Accor Tanam 3.000 Pohon

S

ebagai sebuah bentuk tanggung jawab untuk melestarikan lingkungan dan mendukung program Earth Day 2011, Accor Indonesia menggelar program penanaman 3,000 pohon di seluruh Indonesia. Dalam lima tahun terakhir, para karyawan Accor selalu merayakan Hari Bumi atau Earth Day yang jatuh setiap April. Dalam acara yang juga dikenal dengan nama Earth Guest Day at Accor, sebuah inisiatif berkelompok dilaksanakan secara serentak untuk mendukung pembangunan, kesehatan dan lingkungan daerah di 90 negara di mana grup Accor beroperasi. Untuk program yang dilaksanakan tahun ini, Accor pun mendukung program yang dicanangkan PBB yang telah menetapkan tahun 2011 sebagai Tahun Peles-

tarian Hutan International (International Year of Forest). Gerard Guillouet, Vice President Accor Indonesia, Malaysia and Singapura mengatakan, sebagaimana diketahui, tiga juta hektare hutan menghilang setiap tahun karena eksplorasi hutan yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu Accor sangat senang mengetahui bahwa ribuan karyawan Accor di seluruh Indonesia turut berpartisipasi dalam program penananam hutan kembali. Sebagai bagian dari program tersebut, lebih dari 170 karyawan grup Accor dari area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung bulan lalu menanam lebih dari 3.000 pohon bakau di Pantai Indah Kapuk. Pada tahun 2006, Accor melaksanakan Program Pengelolaan Hutan bersama Kementerian Kehutanan RI, CIRAD dan CIFOR. Dalam program ini, Accor berhasil menghijaukan kembali lahan seluas 70 hektare di Jawa Tengah. Accor pun berhasil menanam 100.000 pohon sengon yang memiliki nilai komersial. Di tahun 2009, Accor meluncurkan program “Plant for the Planet�. Kini, Accor Group telah membiayai penanaman kembali 1,7 juta pohon di seluruh dunia. Fatkhurrohim

Aston Tropicana Tawarkan Paket Liburan Sekolah

B

ulan Juni adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak sekolah dan orang tua untuk berlibur bersama. Dan, Bandung merupakan salah satu tujuan favorit keluarga untuk berlibur menikmati tempat-tempat wisata, kuliner, dan area perbelanjaan. Untuk menyongson itu, Aston Tropicana Hotel Bandung menyemarakan liburan sekolah dengan menawarkan paket khusus, dengan harga kamar mulai dari Rp 888.000 net/kamar/ malam sudah termasuk dengan makan pagi untuk 2 orang dewasa serta 1 orang anak. Untuk anak – anak usia 3 – 10 tahun, Aston Tropicana Hotel juga menyediakan kegiatan bermain untuk anak yang berfokus pada pengembangan kreatifitas, imajinasi serta kemampuan sosialisasi anak. Paket Liburan Sekolah ini berlaku dari tanggal 25 Juni 2011 sampai dengan 25 Juli 2011. Banquet Sales Manager Aston Tropicana Hotel Bandung Nindy mengatakan, paket liburan sekolah ini sudah termasuk free access untuk kegiatan anak-anak yang diadakan di dalam lingkungan hotel. Dengan adanya kegiatan anak ini, mereka

70 I

I Juni 2011

diharapkan dapat mengisi liburan dengan hal positif sekaligus melatih kreativitas mereka untuk mengembangkan potensi dan bakat. Fatkhurrohim

NEWS

Tour de Singkarak Diikuti 15 Negara

M

enteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, bersama dengan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Direktur Jenderal Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar meresmikan peluncuran perhelatan Tour de Singkarak 2011 di Balairung Soesilo Sudarman, kantor Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata pada Jumat, 20 Mei 2011. Dalam kesempatan itu Jero Wacik menyampaikan, penyelenggaraan Tour de Singkarak 2011 adalah bukti bahwa citra pariwisata Indonesia, khususnya Sumatera Barat, sangat baik diterima oleh dunia internasional. Event Tour de Singkarak, merupakan agenda tahunan dari Union Cycliste Internationale. Selama ini, gelar balap sepeda ini tak hanya diramaikan oleh tim-tim pebalap internasional, namun juga pelancong mancanegara yang ingin ikut menyaksikan lomba sekaligus menikmati keindahan alam dan budaya Sumatera Barat. Event Tour de Singkarak yang diselenggarakan di Sumatera Barat pada 6 - 12 Juni 2011 ini, akan diikuti 234 pebalap dari 15 negara, dengan total hadiah yang disediakan

sebesar Rp 750 juta. Mereka datang di antaranya dari, Jepang, RRC, Iran, Indonesia, Filipina, Australia, Malaysia, Belanda, Inggris, Taipei, Selandia Baru, Irlandia, Rusia, Kirgistan, dan Spanyol. Lomba akan menempuh total jarak 739,3 km yang dibagi dalam 7 etape, melewati 12 kabupaten/kota di Sumatera Barat. Fatkhurrohim

KAGUM Kelola Malaka Hotel Bandung

M

anaging Director KAGUM Hotels, Martono, menandatangani. Memorandum of Understandingi (MoU) dengan Masniarni Harahap, selaku Direktur Utama PT Bangun Persada Indonesia, pada Rabu, tanggal 18 Mei 2011, di Hotel Golden Flower, Bandung. Perjanjian kerjasama ini dihadiri oleh Manajemen dan Direksi PT Bangun Persada Indonesia, serta jajaran manajemen dan General Manager KAGUM Hotels. Dengan adanya penandatanganan MoU ini maka KAGUM Hotels secara resmi mengelola manajemen Malaka Hotel Bandung yang berlokasi di Jalan Halimun No 36, Bandung. Malaka Hotel Bandung merupakan hotel bintang dua pertama yang dikelola oleh manajemen KAGUM Hotels. Hotel dengan 46 kamar standar dan dua kamar suite ini, berkonsep “Bed and Breakfast”. Hotel ini juga dilengkapi fasilitas restoran dan ruang pertemuan. Masniarni Harahap, mengatakan, sejak dibangun dua tahun yang lalu, hotel dengan empat lantai ini telah merampungkan pembangunannya mencapai 90 persen. Diperkirakan, Malaka Hotel Bandung akan beroperasi pada bulan Agustus 2011, guna menyambut libur Lebaran. “Kami sangat optimistis atas kesuksesan operasional hotel ini, karena Bandung merupakan kota kunjungan wisata dan bisnis,” terang Masniarni Harahap. Malaka Hotel Bandung merupakan hotel ke delapan di bawah naungan manajemen KAGUM Hotels. Saat ini, manajemen KAGUM Hotels telah mengelola dan mengoperasionalkan enam hotel di Bandung. Yakni. Grand Serela Hotel, Grand Seriti Hotel, Banana Inn Hotel, Golden Flower Hotel, Carrcadin Hotel, Amaroossa Hotel dan 1 hotel di Surabaya, Prime Royal. Fatkhurrohim

72 I

I Juni 2011

Shangri-La Tuan Rumah

S

hangri-La Jakarta menjadi tuan rumah yang mengakomodasi kunjungan para delegasi dari Pertemuan Menteri Pertahanan Se-ASEAN yang kelima (ASEAN Defence Ministers’ Meeting/ ADMM), yang berlangsung pada 18-21 Mei 2011 di Jakarta. Pada saat kedatangan, para menteri negara-negara ASEAN tersebut disambut oleh General Manager Gerhard Hecker, maupun Resident Manager Hakan Ozel, di hotel Shangri-La Jakarta. Mewakili setiap negara ASEAN dalam pertemuan antar Menteri Pertahanan tersebut adalah Purnomo Yusgiantoro (Indonesia), Datuk Seri Dr. Ahmad Zahid Hamidi (Malaysia), Teo Chee Hean (Singapura), Prawit Wongsuwan (Thailand), Tea Banh (Kamboja), Hla Min (Myanmar), Hon. Voltaire T. Gazmin (Filipina), Douangchay Phichit (Laos), Phùng Quang Thanh (Vietnam) dan Pehin Dato Mohammad Yasmin Umar (Brunei, yang diwakili oleh Menteri Energi). ADMM kelima tersebut diselenggarakan untuk membahas kerjasama militer dan keamanan antar negara-negara ASEAN. Kesepuluh menteri negara-negara ASEAN tersebut juga membahas pengembangan rencana pertahanan di regional ASEAN dan rencana-aksi berjangka waktu tiga tahun dalam rancang kerja ADMM untuk tahun 2011-2013. Frans Sihol Siagian

d n a t s 1 e h T e c r u o S e l b Relia

on i t a m r o f n i f o E C I M n a i s e n o on Ind B usiness

Redaksi, Iklan & Sirkulasi Hall E Lt. 3, Arena PRJ Kemayoran, Jakarta 10620 telp: (021) 266 45 232, 266 45 234 fax: (021) 266 45 274

Untuk pemasangan iklan hubungi: Elizabeth 0856 91005557, Yanti 0819 32120472

NEWS

Worldhotels Jalin Kerja Sama dengan Tauzia

W

orldhotels dengan bangga mengumumkan kerja sama strategis untuk wilayah ASEAN dengan Tauzia Hotel Management, sebuah perusahaan terkemuka di Indonesia di bidang hotel management. Marc Steinmeyer, President Director dan tim Tauzia Hotel Management telah membuktikan keahlian mereka di bidang hotel management. Konsep hotel dan brand development yang dikembangkan Tauzia terbukti berhasil dengan kesuksesan Harris Hotels untuk pasar skala menengah dan POP! Hotels untuk market ekonomis di Indonesia. Karena itulah Tauzia Hotel Management mengembangkan sayap melalui kerja sama mengelola Worldhotels, brand yang selama ini

bermain di kelas atas. Melalui perjanjian kerja sama white-label service dengan Worldhotels ini, manajemen Tauzia akan bekerja di balik layar untuk memberikan saransaran technical support dan juga management services untuk hotel-hotel yang berada di bawah brand Worldhotels. “Setelah dengan sukses mengembangkan Harris Hotels dan POP! Hotels yang telah mencapai sekitar 40 hotel di Indonesia dalam kurang dari 10 tahun, mengembangkan brand Worldhotels adalah suatu kesempatan yang luar biasa untuk bisa memasuki segmen up-scale dan melebarkan jangkauan kami tidak hanya di Indonesia namun juga ke negaranegara ASEAN,� kata Marc Steinmeyer. Fatkhurrohim

Global Shoes 2011 Kembali Digelar

P

ameran terbesar industri bertajuk Global Shoes akan kembali digelar di Dusseldorf, Jerman. Pameran yang akan diselenggarakan pada tanggal 7 - 9 September 2011 ini adalah pameran business to business terbesar untuk sourcing di industri sepatu international. Sekitar 420 perusahaan dari 25 negara akan hadir memamerkan koleksi sepatu mereka. Saat road show yang difasilitasi oleh Wakeni di Jakarta, pada 28 April 2011, Marcus Mullers, Senior Project Manager Global Shoes, pihak penyelenggara pameran, menjelaskan, selama bertahun-tahun, pameran Global Shoes telah menjadi cara berkomunikasi dan platform pemesanan yang tepat bagi pengusaha-pengusaha yang ingin bertransaksi dalam jumlah besar di pasar sepatu internasional. Pameran ini merupakan kesempatan yang baik bagi industri sepatu Indonesia untuk memperkenalkan dan memasarkan produk mereka ke pasar dunia.

74 I

I Juni 2011

Pameran Global Shoes diselenggarakan setiap 2 tahun ini, menghadirkan koleksi sepatu terbaru dari perusahaan sepatu dunia, baik sepatu laki-laki dan perempuan dewasa, sepatu lifestyle dan olahraga, sepatu kesehatan dan sepatu anak-anak. Tidak hanya sepatu, pameran Global Shoes juga menghadirkan pula beberapa perusahaan yang memproduksi bahan baku dan mesin pembuat sepatu, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan industri sepatu. Pameran Global Shoes juga menggelar forum bagi produsen sepatu internasional, pasar penjualan, dan penyedia layanan. Berbagai diskusi dengan tema menarik dan sedang hangat dibicarakan di industri sepatu internasional akan digelar. Keikutsertaan perusahaan-perusahaan sepatu Indonesia di pameran Global Shoes ini berpotensial untuk meningkatkan ekspor sepatu Indonesia ke pasar internasional.

NEWS

Swiss-Belhotel Ambil Alih Manajemen Hotel Grand Flora

S

wiss-Belhotel International, jaringan manajemen hotel internasional yang berpusat di Hong Kong mengumumkan penambahan propertinya di Jakarta, setelah digandeng Arion Paramita Holding Company, perusahaan yang berbasis di Indonesia, untuk mengelola dan memimpin operasional hotel bintang empat yang selama ini dikenal dengan nama Grand Flora. Kini, Grand Flora pun berganti nama menjadi Arion Swiss-Belhotel Kemang, terhitung mulai 8 Mei 2011. Arion Swiss-Belhotel Kemang terletak di kawasan populer para ekspatriat yang dikelilingi oleh berbagai restoran, fasilitas hiburan dan rekreasi. Arsitektur bergaya Eropa dengan interior klasik ini, dirancang untuk menyediakan akomodasi yang nyaman dan penuh gaya. Hotel ini memiliki 94 kamar yang elegan berikut layanan bertaraf internasional lainnya seperti IDD telepon, akses internet broadband, bar mini, kotak penyimpanan yang dapat menyimpan laptop, fasilitas membuat teh dan kopi, pengering rambut, televisi layar datar dengan program satelit.

Emmanuel Guillard, Senior Vice President of Operations and Development – Indonesia & Malaysia, Swiss-Belhotel International menyatakan, Arion Swiss-Belhotel Kemang merupakan hotel ketiga di Jakarta yang berada di bawah manajemen Swiss-Belhotel International. “Kami baru saja melakukan proses pengambilalihan dan sekarang kami telah mengelola 21 hotel yang beroperasi di seluruh Indonesia, di mana SwissBelhotel International memiliki posisi yang kuat di kawasan ini. “ ungkap Emmanuel Guilard. Sementara itu, Gavin M. Faull, Chairman and President SwissBelhotel International mengatakan, dengan tiga hotel di Jakarta, Swiss-Belhotel International telah mengembangkan brand yang kuat dan sistem distribusi yang memungkinkan grup untuk memiliki multi-operasional di kota yang sama. “Swiss-Belhotel International terus berkembang dengan lebih dari 65 hotel dan proyek dengan operasi baru yang terus bertambah setiap bulan. Ini merupakan masa pertumbuhan yang menarik bagi Swiss-Belhotel International,” tambah Faull. Fatkhurrohim

Menikmati Liburan di Aston Marina

M

enyambut Liburan sekolah di bulan Juni dan Juli, Aston Marina menawarkan paket menginap “School Holiday Escape”. Merencanakan liburan dengan seluruh anggota keluarga tentunya tidak mudah. Selain pengaturan waktu yang tepat, lokasi dan fasilitas tempat tujuan untuk berlubur juga penting untuk diperhatikan. Paket School Holiday Escape, mulai dari Rp. 599.000,- ++/malam/kamar, dan berlaku untuk periode booking tanggal 31 Mei sampai dengan 31 Juli 2011. Harga ini sudah termasuk, sarapan pagi, tiket masuk Ancol, potongan diskon 15% untuk Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Outbound Holic, Atlantis Water Adventure, CumiCumi Café, Cium2 Longe & Bar, CicipCicip Deli & Bakery dan laundry Service. Dini M. Artha, Executive Assistant Manager mengatakan, Ancol sebagai salah satu destinasi untuk liburan, memberikan keuntungan untuk Aston Marina, selain fasilitas dan pelayanan yang kami tawarkan kepada tamu.Pelayanan lain kepada tamu yang diberikan secara Cuma-Cuma kepada tamu

76 I

I Juni 2011

diantaranya, Free koneksi internet (WiFi) di seluruh area hotel termasuk di dalam kamar, Free jasa pengantaran (shuttle service) menuju Ancol dan mangga dua area dan Free shoe shine service. Fasilitas yang lengkap, diantaranya 3 swimming pool (2 kolam renang dewasa dan 1 kolam renang khusus anak), children playground dan ZHU spa, tentunya akan menambah kenyamanan bagi tamu yang akan menikmati waktu liburan. Lokasi yang strategis disamping Ancol dan dekat dengan mangga dua, menjadi poin kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Aston Marina. Seluruh kamar di Aston Marina dilengkapi dengan, kamar tidur yang terpisah dari ruang tamu, ruang makan, dapur dan juga balkon pribadi. Tamu bisa memilih antara kamar dengan pemandangan kota Jakarta atau pemandangan keindahan pantai Ancol. “Dengan fasilitas yang kami miliki, sebagai hunian yang memberikan ruangan lebih luas dan bergaya apartmen, pastinya akan sesuai bagi keluarga yang ingin menikmati liburan bersama seluruh keluarga”, ungkap Dini M. Artha. Fatkhurrohim

REHAT

Terapi Awet Muda di Zhu Spa Perawatan tubuh seperti peremajaan kulit atau anggota tubuh yang lainnya sangatlah mudah ditemukan di Kota sebesar Jakarta. Tak perlu harus mengeluarkan budget yang banyak atau mendatangkan dokter spesialis kecantikan ke rumah Anda. Menjamurnya layanan massage dan spa di Jakarta, mampu memberikan alternatif perawatan tubuh. Apalagi, spa dengan para terapis yang terlatih dan profesional. Di berbagai hotel berbintang, Anda bisa menemukan pelayanan ini. Salah satu lokasi spa di hotel berbintang tersebut adalah Zhu Spa yang berada di Hotel Aston Marina Ancol, Jakarta. Saat memasuki Zhu Spa Aston Marina Ancol, harum aromatherapy yang lembut langsung menyeruak ke syaraf otak dan mampu menyejukan jiwa. Zhu yang dalam bahasa Mandarin berarti bambu, memiliki terapis yang mampu memberikan layanan spa secara terampil dan cekatan. Cara para terapis dalam memperlakukan konsumennya pun sangat santun. Setiap pijatannya terasa lembut dan teratur dan berurutan, sehingga terasa sangat nyaman. Dengan terapis yang terampil dan terlatih, Zhu Spa pun melayani berbagai kebutuhan perawatan tubuh dengan berbagai aromatherapy yang mampu menenangkan jiwa. Ada sembilan ruangan 4 ruangan VIP dan 5 ruangan standar untuk spa dan massage yang tertata secara apik dengan gaya design modern. Zhu Spa yang terletak di lantai Mezanin 2 (M2) Hotel Aston Marina Ancol Jakarta ini, menawarkan lima treatment pilihan perawatan tubuh dengan jaminan kualitas terbaiknya. Beberapa di antara treatment tersebut adalah Neptula Massage, yang merupakan kombinasi massage gaya shiatsu, thai, dan traditional massage. Treatmen ini akan membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan kelelahan, stres, dan merelaksasi tubuh. Terapis Zhu Spa akan memijat Anda secara lembut

78 I

I Juni 2011

dan terampil selama 90 menit. Bagi yang menghendaki massage dengan berbagai pilihan aromatherapy yang menyegarkan, ada Neptula Aromatheraphy Massage. Ragam pilihan aromatherapy mewah yang di tawarkan dalam treatment ini antara lain, aromatheraphy cocholate, lavender, dan green tea. Beberapa aromatherapy tersebut mengandung vitamin E, yang bermanfaat untuk menyehatkan dan membuat kulit lebih segar, sehat dan tampak awet muda. Waktu yang dibutuhkan dalam treatment ini adalah 105 menit. Zhu Spa yang di buka setiap pukul Zhu Spa yang 11.00 - 24.00 WIB ini juga memiliki terletak di lantai pelayanan menarik lainnya yaitu Mezanin 2 (M2) Neptula Aromatherapy Calming Hotel Aston MaSerenity. Treatment yang menggurina Ancol Jakarta nakan aromatherapy calming herbal ini, menawarkan bath, dan coe with cinnamon body scrub ini diyakini mampu melima treatment mulihkan stamina anggota tubuh, pilihan perawatan tubuh dengan melembutkan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit jaminan kualitas lebih halus bebas dari oksidan, dan terbaiknya mampu memberikan ketenangan, keseimbangan dan kedamaian bagi pikiran dan tubuh Anda. Bagi yang memilih treatment ini, dibutuhkan waktu selama 125 menit. Treatment lain yang patut dicoba adalah Neptula Natural Facial Aromatherapy. Pijat yang disertai dengan minyak herbal aloe atau anise facial body scrub ini adalah jenis perawatan untuk mengangkat kotoran kulit di sekitar wajah, sehingga tampak cerah dan memberikannya kesegaran. Treatment yang selalu diburu oleh kaum hawa ini membutuhkan waktu sekitar 135 menit.

Juni 2011 I

I 79

REHAT

Treatment terakhir yang ditawarkan Zhu Spa adalah Neptula Complete. Yakni. treatment perpaduan dari semua treatment yang ada, mulai dari massage, dan body scrub, hingga berendam menggunakan aromatherapy herbal. Pendek kata, treatment yang satu ini menawarkan perawatan dari dalam dan luar tubuh Anda. Sangat cocok bagi Anda yang penuh dengan aktivitas sehari-hari. Neptula Complete ini pun menjadi yang paling favorite di Zhu Spa. Sebab, mampu meregangkan kembali otot-otot yang kaku, merevitalisasi tekstur warna kulit dan mengembalikan keseimbangan tubuh dan kepercayaan diri Anda. Aromatherapy yang menyegarkan dari Neptula Complete ini juga diyakini mampu membersihkan pikiran, merangsang imajinasi dan mendorong kreativitas. Perawatan lengkap ini membutuhkan waktu selama 150 menit. Bagi tamu hotel yang menginap di Aston Marina Ancol, akan mendapatkan potongan harga sebesar Rp. 50.000 untuk seluruh treatment yang di tawarkan oleh Zhu Spa, serta potongan harga 20 persen, jika menggunakan kartu kredit dari Bank Mandiri. Selain itu, jika tetamu hotel tak cukup banyak waktu untuk singgah di ruang Zhu Spa, para terapis pun siap memberikan layanan treatment di dalam kamar. Fatkhurrohim

80 I

I Juni 2011

Print Ad Spa FA.pdf 1 1/19/2011 2:26:21 PM

g in Br on

%

up Co is t Th o ge t

50

Di nt ou sc

C

M

Y

CM

MY

CY

CMY

K

AEROWISATA Hotel & Resort

Jl. Jend Sudirman Kav. 75 Jakarta 12910. Indonesia Tel ( 62-21 ) 527 6854 Fax ( 62-21 ) 527 6855

Hotel Santika Cirebon

Jl. Dr. Wahidin No. 32, Cirebon 45122

Patra Cirebon Hotel

Jl. Tuparev No. 11, Cirebon 45153

Amos Cozy Hotel

Jl. Melawai Raya 83-85, Jakarta 12160

Aston Marina Ancol

Jl. Lodan Raya No. 2A, Jakarta 14430

Aryaduta Hotel

Jl. Prapatan 44-48, Jakarta

Alila Jakarta

Jl. Pecenongan Kav. 7-17

Best Western International Indonesia

Senayan Trade Center, 3rd Floor No. 173 A, Jl. Asia Afrika, Jakarta Pusat

SEMARANG

Crowne Plaza Jakarta

Jl. Gatot Subroto Kav. 2-3, Jakarta 12930

Golden Boutique Hotel

Jl. Gunung Sahari No. 46, Jakarta

Hotel Santika Premiere Semarang

Jl. Pandanaran No. 116 - 120, Semarang 50241

Grand Hyatt

Jl. MH. Thamrin Kav. 28-30, Jakarta Pusat

Patra Semarang Convention Hotel

Jl. Sisingamangaraja, Candi Baru Semarang 50252

Hotel Borobudur

Jl. Banteng Selatan No. 1, Jakarta 10710

Dafam Hotels & Resorts

Hotel Ciputra Jakarta

Jl. Let. Jend. S. Parman, Jakarta 11470

Jalan Imam Bonjol 176/E Semarang 50132 Central Java - Indonesia

Hotel Kristal

Jl. Tarogong Raya, Cilandak Barat, Jakarta 12430

Quest Hotel Semarang

Hotel Millenium

Jl. KH. Fakhrudin, Jakarta

Jl.Plampitan No.37 - 39 Semarang, Jawa Tengah

Hotel Mulia

Jl. Asia Afrika, Senayan - Jakarta 10270

Hotel Nikko Jakarta

Jl. MH. Thamrin No. 59

Hotel Santika Premiere Jakarta

Jl. AIPDA KS. Tubun No. 7, Slipi - Jakarta

Hotel Sunlake

Jl. Danau Permai Raya C1 Sunter, Jakarta

Ibis Kemayoran Hotel

Jl. Bungur Besar Raya 79 - 81, Jakarta

Ibis Slipi

Jl. Let. Jend. S. Parman Kav. 59, Jakarta 11066

Le Grandeur Hotel

Jl. Mangga Dua Raya, Jakarta 10730

Le Meredien

Jl. Jend. Sudirman Kav. 18 - 20, Jakarta 10220

Lumire Hotel

Jl. Senen Raya No. 135, Jakarta Pusat

Mercure Convention Center

Jl. Pantai Indah, Ancol - Jakarta Utara

Menara Peninsula Hotel

Jl. Let. Jend. S. Parman, Jakarta 11470

Novotel Mangga Dua

Jl. Gunung Sahari Raya No. 1, Jakarta

Patra Jakarta Hotel

Jl. Jend. A.Yani No. 2, By Pass - Jakarta 10510

LAMPUNG

Sari Pan Pacific Hotel

Jl. M. H.Thamrin, Jakarta 10340 Jl. Jend. Sudirman No. 86, Jakarta

Aston Palembang Hotel & Convention Center

Jl. POM IX Palembang Square, Palembang

Sahid Jaya Hotel Sheraton Media Hotel & Towers

Jl. Gunung Sahari 3, Jakarta 10270

Sheraton Lampung Hotel

Jl. Wolter Monginsidi, Bandar Lampung Lampung 35401

Spark Hotel

Jl. Mangga Besar Raya No. 42, Jakarta Barat

The Acacia Hotel

Jl. Kramat Raya 81, Jakarta 10450

PONTIANAK

The Batavia Hotel

Jl. Kali Besar Barat No. 44 - 46, Jakarta 11230

Hotel Santika Pontianak

Jl. Diponegoro No. 46, Pontianak 78123

The Akmani Hotel

KH. Wahid Hasyim 91, Jakarta 13050

Hotel Mercure Pontianak

Jl. Jend. Ahmad Yani No. 91 Pontianak 78124

The Park Lane Jakarta

Jl. Casablanca Kav. 18, Jakarta 12870

HARRIS hotel & conventions Kelapa Gading

Jl. Bulevar Kelapa Gading Blok M Jakarta 14240, Indonesia

ANYER Patra Anyer Beach Resort

JOGJAKARTA Hotel Santika Premiere Jogja

Jl. Jend. Sudirman No. 19, Yogyakarta 55233

SURABAYA Hotel Santika Surabaya

Jl. Pandegiling No. 45, Raya Darmo Surabaya 60264

Hotel Majapahit

Jl. Tunjungan No. 65, Surabaya

MALANG Hotel Santika Premiere Malang

Jl. Letjen Sutoyo No. 79, Malang 65141

SUMATERA UTARA Patra Parapat Lake Resort

Jl. Pertamina Siuhan, Danau Toba Parapat 21174

MANADO Hotel Santika Premiere Seaside Tongkaina - Bunaken, Manado 95000 Resort - Manado

MAKASSAR Desa Bandulu - Anyer 42166

BANDUNG

Hotel Santika Makassar

Jl. Sultan Hasanuddin No. 40, Makassar

BALI

Aston Bandung Hotel & Residence Jl. Braga No. 99 - 101, Bandung

82 I

CIREBON

Aston Tropicana Hotel & Plaza

Jl. Cihampelas No. 125 - 129

Hotel Santika Premiere Beach Resort - Bali

Jl. Kartika Plaza, Tuban - Bali

Hotel Santika Bandung

Jl. Sumatera No.52 - 54, Bandung 40115

Hotel Saranam

Bali

Patra Bandung Hotel

Jl. Ir. H. Juanda No. 132, Bandung 40132 Jl. Asia Afrika No. 8, Bandung

Aston Grand Kuta Hotel & Resident

Jl. Dewi Sri No. 8 - Legian, Kuta, Bali

Grand Hotel Preanger I Juni 2011

AIRPORT

Sumpit ( Rice & Noodle )

Citywalk Sudirman - 1st Floor, Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusat 10220

The Luv’s

Citywalk Sudirman - 1st Floor 1F#10, Jl. KH.Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusat 10220

Warung Kita

Citywalk Sudirman - 1st Floor, Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusat10220

Restaurant Ganesha Ek Sanskriti

Center Park BRI II Lt 9 Jl Jendral Sudirman Kav 44-46 Jakara 10210

Balinusa Sinar Dewata Group Bandara Soekarno Hatta Jakarta

Batavia Lounge - Mutiara Lounge - Sanur Lounge - Dewa Lounge

Bandara Ahmad Yani Semarang

Srikandi Lounge

Bandara Juanda - Surabaya

Blue Sky Executive Lounge Lt. 2

Bandara Sam Ratu Langi Manado

Bunaken Lounge

Bandara Sepenggan Balikpapan

Mahalam Lounge

Bandara Hang Nadim - Batam

Bintan Lounge

Bandara Polonia - Medan

Prima Lounge - Toba Lounge - Toraja Lounge

Bandara Adisucipto DI Yogyakarta

Borobudur Lounge

Bandara Adisumarno

Sriwedari Lounge

Bandara Moses Kilangi - Timika

Moses Kilangi Lounge

Bandara Jalaludin - Gorontalo

Matuduolo Lounge

-Kemang Square Lt. 2 Jl. Kemang Raya No. 5 SALON & SPA Jhonny Andrean Salon

Citywalk Sudirman - 1st Floor, Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusat 10220

CNB spa

Citywalk Sudirman - 2nd Floor Unit 20, Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusat 10220

The Secret Spa And Training Centre

Jln. Kelapa Gading Boulevard LB 1/9 Jakarta 14240 Jln. Boulevard Makassar Mall Panakkukang Lt.3 Mezaine (diatas Gramedia) Makassar

GOLF Kemayoran Golf Senayan Golf

TOUR & TRAVEL

Pondok Indah Golf

PT Raptim Indonesia

Jl. Cut Meutia No. 8 Jakarta Pusat 10340 Telp. : 021 - 314 6210 Fax : 3193 7701

PERBANKAN

Anta Tour (JAKARTA)

Grand Indonesia, East Mall #EM-3-38,3rd Floor Jln. MH. Thamrin No. 1 Jakarta 10310

Anta Tour (JAKARTA)

Jl. Melawai Raya No. 116 B, Jakarta 12160

Bank Central Asia, TBK

Lounge BCA Prioritas

SIRKUIT Sentul International Circuit

Wisma Pondok Indah Lt.4 suite #405, Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. 5 TA, Jakarta 12310

Jl. Sentul Raya, Ciiteureup - Bogor

CAFÉ / RESTO American Grill - Ciputra

Ground Floor - North Entry, Jl. Let. Jend. S. Parman, Jakarta Barat

American Grill - Mall Artha Gading

Great Eagle Building MAG Lt. LG, Jl. Boulevard Artha Gading

American Grill - Kelapa Gading

Gading Food City, Jl. Kelapa Gading Boulevar, Jakarta Utara

American Grill - Plaza Semanggi

Kawasan Bisnis Granada - GF Unit 15, Jl. Jend. Sudirman Kav. 50, Jak - Sel

Jl. Boulevard Raya Blok LA 6 No. 19, Kelapa Gading 14240 Anta Tour ( SERPONG )

Ruko WTC Matahari No. 5855, Jl. Raya Serpong - Tangerang

Anta Tour ( CIKARANG )

Ruko Plaza Menteng Blok B/25, Jl. MH. Thamrin, Lippo Cikarang - Bekasi 17550

Anta Tour ( BANDUNG )

Jl. Pasir Kaliki No. 150 C, Bandung 40171

Anta Tour ( SURABAYA )

Jl. Bengawan No. 51, Surabaya 60241

Anta Tour ( DENPASAR )

Komplek Perkantoran Duta Permai Blok I/H, Jl. Dewi Sartika, Denpasar - Bali 80114

Anta Tour ( MAKASSAR )

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 34 A, Makassar 90174

Kantor Cabang Pembantu Maros

Jln. Poros Makassar Maros Km 21 Ruko Griya Batas Kota Blok C No. 5 Maros - Sultan Hasanuddin Airport Gedung Smailing Tour, Jl. Majapahit 28, Jakarta 10160

American Grill - Pondok Indah Mall

1st Main Entry, Jl. Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan

American Grill - Sabang

Jl. K.H. Agus Salim No. 39, Jakarta Pusat

American Grill - Mall Taman Anggrek

3rd Floor, Jl. Let. Jend. S.Parman Jakarta Barat

Bengawan Solo Café

Citywalk Sudirman, Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusar 10220

Dapur Solo

Jl. Danau Sunter Utara R 35 - 37, Jakarta Utara

Smailing Tour & Travel (JAKARTA )

Orange Concept Lounge

Citywalk Sudirman - 1st Floor unit 1 -2, Jl. KH. Mas Mansyur Kav.121, Jakarta Pusat 10220

VENUE

Primavera Eurocafe

Citywalk Sudirman - 1st Floor Unit 25, Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusat 10220

Taman Ismail Mazuki

Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya, No. 73, Jakarta 10330

Juni 2011 I

I 83

ASTON KUTA HOTEL & RESIDENCE

84 I

I Juni 2011


Eventguide Magazine Indonesia