Issuu on Google+

CMYK

EDISI SIANG

NO. 019/TAHUN 1 SELASA 28 FEBRUARI 2012

THE 1ST DIGITAL NEWSPAPER IN KALTIM

KPK tak Takut Jerat Menteri

ANTARA/YUDHI MAHATMA

Abraham Samad (kiri) dan Bambang Widjojanto.

JAKARTA, TRIBUN - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengatakan pimpinan KPK tidak takut untuk menetapkan menteri sebagai tersangka. Namun, kata Abraham, penetapan tersangka itu baru dapat dilakukan setelah memenuhi alat bukti. “Sampai detik ini saya yakin keempat sobat saya tidak akan takut menetapkan (tersangka). Misalnya

seorang menteri memenuhi dua alat bukti akan ditetapkan tersangka,” kata Abraham ketika rapat dengar pendapat dengan Komisi III di Komplek DPR, Jakarta, Senin (27/2) malam. Pernyataan Abraham itu menyikapi pernyataan Sayed Muhammad Muliady, anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan terkait kasus suap wisma atlet SEA Games.

Menurut Sayed, tidak mungkin Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng tak mengetahui proyek senilai Rp 200 miliar itu. Pasalnya, proyek diatas Rp 50 juta harus diketahui menteri. Abraham mengatakan, penyidik masih terus mendalami keterlibatan pihak lain dalam kasus itu. Menurut dia, KPK tidak perlu dicurigai lantaran tidak akan melakukan diskriminasi dalam penanganan kasus. “Kita tidak akan pernah takut, apakah orang itu menteri, apakah orang itu pengusaha, atau pejabat strukrutal partai, bahkan ketua partai. Insya Allah saya, Bambang Widjojanto, Pak Busyro Muqoddas, dan Pak Zulkarnain adalah orangorang yang dipilih karena sikapnya yang independen, punya integritas,” kata Abraham. Seperti diberitakan, selain Andi Mallarangeng, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum juga disebut terlibat dalam kasus wisma atlet. Keduanya berkali-kali membantah terlibat. (kps)

AFP/ETHAN MILLER

Angelina Jolie

Penyidik Independen KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak segera merealisasikan rencananya untuk merekrut penyidik dan jaksa penuntut umum independen atau yang bukan berasal dari Kepolisian dan Kejaksaan. Langkah itu untuk membantu kerja KPK kedepannya. Desakan itu disampaikan beberapa anggota Komisi III diantaranya Indra dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera dan Nurdirman Munir dari Fraksi Partai Golkar saat rapat dengar pendapat antara KPK dengan Komisi III di Komplek DPR, Senin (27/2).

Nurdiman mengatakan, penyidik dan jaksa independen terbukti sangat membantu pemberantasan korupsi di Hong Kong dan Singapura. “Harapan saya, penyidik independen jadi andalan KPK,” kata dia. Ketua KPK Abraham Samad mengatakan, pihaknya masih melakukan kajian mendalam untuk merekrut penyidik dan jaksa independen. Pasalnya, jika rencana itu direalisasikan diperlukan regulasi dan biaya. (kps)

Jepang Akan Bangun Lift Angkasa TOKYO, TRBUN - Perusahaan konstruksi Jepang pada berencana membangun lift yang tingginya 96.000 km atau sekitar 1/4 jalan ke Bulan. Tujuan proyek itu adalah mewujudkan mimpi wisata ke ruang angkasa. Obayashi Corps, nama perusahaan itu, akan menggunakan teknologi carbon nanotube untuk membangunnya. Carbon nanotube mampu memberi kekuatan konstruksi 20 kali lebih kuat dari baja. Lift bisa mengangkut 30 orang sekali jalan dan akan bergerak dengan kecepatan 200 km/jam. Lift akan mengantar publik hingga ketinggian 36.000 km, hanya peneliti yang boleh sampai ketinggian maksimal. “Manusia telah lama mengagumi bangunan tinggi. Daripada memilih membangun dari Bumi,

kami memilih membangun dari angkasa,” kata Satomi Katsuyama, pimpinan proyek Obayashi Corps. Meskipun telah memiliki impian, seperti dikutip AFP, Obayashi Corps belum menentukan tempat pembangunan, biaya serta donatur yang akan membiayainya. Saat ini, Obayashi Corps masih menuntaskan konstruksi menara tertinggi di Jepang, Tokyo Sky Tower, yang tingginya 634 meter. Menara tersebut berfungsi mendukung penyiaran sekaligus tempat melihat pemandangan kota. Obayashi Corps telah berpengalaman membangun menara, pembangkit listrik hingga renovasi Candi. Beberapa karyanya adalah Universal Studio di Osaka, Dubai Metro di Uni Emirat Arab dan Stadium Australia. (kps)

Kaki Jolie Diejek

Dhana Masih Melenggang di Luar

ANTARA/RENO ESNIR

Mobil Merk Chrysler milik Dhana Widyatmika Merthana disita Kejagung.

JAKARTA, TRIBUN - Kejaksaan Agung telah menetapkan Dhana Widyatmika, pegawai negeri sipil golongan III/C yang terlibat dalam kasus dugaan mafia pajak itu, sebagai tersangka sejak pekan lalu. Namun, hingga kini Dhana belum ditahan oleh penyidik. Saat ini, Dhana masih aktif bekerja di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) DKI Jakarta sejak 2 Januari 2012. Dulunya, ia bertugas di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Kantor Besar Gambir (Large Tax Office). Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Noor Rachmad mengatakan, penyidik tak takut jika ia melarikan diri, karena, Dhana telah dicegah kepergiannya ke luar

negeri melalui Dirjen Imigrasi RI. “Itu (keputusan penahanan) strategi penyidikan. Biarlah itu penyidikan kan domain penyidik. Kalau penyidik belum beranggapan ditahan kenapa ditahan. Kan sudah ada pencekalan,” jelas Noor di kantornya di Jakarta, Senin (27/2). Menurut Noor, dalam pekan ini penyidik Kejaksaan Agung berencana akan melakukan pemeriksaan pada Dhana. Namun, belum dapat dipastikan tanggal pemeriksaan. Istri Dhana, berinisial DA, kata Noor, juga akan dimintai keterangan, meski belum ditentukan waktunya. “Diusahakan secepatnya minggu ini, diusahakan karena tadi saya koordinasi dengan tim akan diusahakan secepatnya. Jangankan DA, siapa pun yang terkait akan diperiksa,” tutur Noor. Saat ini Imigrasi telah mencegah kepergian Dhana selama enam bulan ke depan. Pencegahan dilakukan setelah ia dijadikan tersangka dalam kasus dugaan mafia pajak. Ia bersama istrinya, DA, diduga memiliki rekening tidak wajar jika dibandingkan dengan profilnya sebagai pegawai pajak. DA diduga memiliki simpanan di 18 bank dengan jumlah di luar kepatutan. Satu kali transfer yang masuk ke rekening DA misalnya sebanyak 250.000 dollar AS. Sedangkan Dhana sendiri memiliki 5 rekening bank yang telah diblokir oleh Kejaksaan Agung. (kps)

BELAHAN pakaian aktris Angelina Jolie menjadi pembicaraan hangat di dunia maya setelah tampil dalam gaun superseksi rancangan Atelier Versace warna velvet. Demikian dilansir Yahoo!TV, Senin (27/2). Tidak hanya itu, Jolie yang naik membacakan Best Adapted Screenplay mendapat ejekan dari Jim Rash yang memenangkan Oscar untuk kategori tersebut lewat film The Descendants memberikan lelucon dengan meniru gaya Jolie ketika membacakan nominasi tersebut. Jim Rash naik ke atas panggung bersama

CMYK

penulis lainnya yaitu Alexander Payne dan Nat Faxon. Gaya aktris berusia 36 tahun ini dianggap berlebihan karena berjalan dengan pose sensual kemudian saat tiba di depan mikrofon, tiba-tiba saja ia melebarkan kakinya sehingga kaki hingga paha bagian atas terlihat dengan sangat jelas dalam belahan gaun tersebut. Ini adalah perhelatan Oscar yang ke -84 dan dilaksanakan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) untuk memberikan penghargaan terhadap film-film terbaik tahun 2011. Perhelatan ini dilaksanakan di Hollywood and Highland Center, Hollywood, California, Amerika Serikat (AS). (kps)

CMYK

2

Tribun Etam

SENIN 28 FEBRUARI 2012

Tug Boat Penarik Batu Bara Terbalik SAMARINDA, TRIBUN - Sebuah tug boat Pratama V terbalik dan tenggelam saat memasuki perairan Muara Pegah, antara Bui 11 menuju Bui 9, Senin (27/2), sekitar pukul 13.00. Sembilan Anak Buah Kapal (ABK) dan nakhoda bernama Fitriansyah dilaporkan selamat. Sedangkan Tongkang Asia Pride 23179 bermuatan 4.000 ton batu bara yang ditarik tug boat berhasil diamankan petugas Administrator Pelabuhan (Adpel) Samarinda. Kepala Adpel Samarinda AB Hasani menjelaskan, alur pelayaran di Sungai Mahakam sejauh ini masih lancar dan tak terganggu dengan kejadian terbaliknya tug boat. Tongkang memuat ribuan ton batu bara sudah berhasil diamankan petugas. Petugas Adpel kini masih melakukan investigasi terhadap tug boat Pratama V yang diketahui dari keagenan PT Bunga Nusa Mahakam. “Saya belum tahu terbaliknya tug boat apakah miring ke kanan atau ke kiri. Karena informasi yang kami terima masih sepotong-sepotong. Kami sebagai petugas harus mengamankan lokasi kejadian tug boat dan tongkang agar tak mengganggu alur pelayaran,” kata AB Hasani. Hasani menambahkan, dugaan penyebab tug boat terbalik belum diketahui apakah karena faktor alam seperti cuaca, human error atau kesalahan teknis. Untuk memastikan penyebabnya, petugas Adpel harus melakukan investigasi. Namun, dari laporan cuaca saat kejadian terbaliknya tug boat, sangat cerah. Terpisah, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arief Prapto Santoso melalui Kapolsekta Pelabuhan AKP Yos Sulata menjelaskan, hasil pemeriksaan sementara nakhoda tug boat Pratama V, Fitriansyah terungkap, tug boat terbalik karena perairan di Muara Pegah tiba-tiba surut. “Tug boat akhirnya kandas dan tak bisa ditarik ke posisi semula. Tug boat lalu miring ke kanan. Saat ini, kapal dari Balikpapan sedang menuju ke lokasi tug boat kandas agar ditarik. Dari penuturan nakhodanya, tug boat ini dari Kota Bontang hendak menuju Palu. Namun, kandas di perairan Muara Pegah,” kata Yos Sulata. (min)

Ketua DPRD Kutim Segera Dirotasi SANGATTA, TRIBUN- Ketua DPRD Kabupaten Kutai Timur, Harti, dalam waktu dekat akan dirotasi. Kondisi sakit menjadi pertimbangan utama di balik keputusan tersebut. Saat ini proses rotasi tinggal menunggu terbitnya SK Gubernur Kaltim. Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim, Isran Noor, kepada wartawan membenarkan bahwa Partai Demokrat akan melakukan rotasi terhadap kadernya yang memimpin DPRD Kutim. Ia pun menegaskan bahwa proses tersebut bukanlah Pergantian Antar Waktu (PAW). “Sebenarnya bukan PAW. Ibu Harti tetap akan menjadi anggota DPRD Kutim. Hanya saja akan digantikan oleh anggota DPRD lain yang juga berasal dari Partai Demokrat. Keputusan ini diambil karena kondisi kesehatan beliau yang tidak memungkinkan untuk memimpin DPRD,” katanya. Beban kerja ketua DPRD yang besar plus agenda kegiatan yang padat juga dinilai bakal sulit diarungi oleh Ketua DPRD yang berada dalam kondisi sakit. “Rencananya Ibu Harti akan digantikan Alfian Aswad. Namun beliau tetap akan menjadi anggota DPRD Kutim,” kata Isran, yang juga menjabat sebagai Bupati Kutim. Alfian Aswad merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Kutim. Saat dikonfirmasi apakah penunjukan Alfian karena jabatannya sebagai ketua DPC, Isran hanya mengatakan penunjukan Alfian karena pertimbangan internal partai. Namun Tribun belum mendapatkan konfirmasi langsung dari Alfian. Tentang proses administrasi kebijakan rotasi internal Partai Demokrat ini, Isran mengatakan saat ini tinggal menunggu terbitnya Surat Keputusan Gubernur Kaltim. “Sebenarnya sudah mau diproses. Namun masih ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi,” katanya. Partai Demokrat merupakan peraih suara terbesar dalam Pemilihan Umum legislatif tahun 2009. Partai berlambang mercy ini menempatkan lima orang legislatornya di DPRD Kutim. Disusul berurutan dengan Partai Golkar, juga dengan lima anggota legislatif (aleg), dan Partai Demokrasi Kebangsaan dengan tiga aleg. (khc)

TRIBUN KALTIM/SARASSANI

GEDUNG BARU - Bangunan rumah sakit baru di seberang Telaga Ungu Kilometer 5 Jalan Kusuma Bangsa Tanah Grogot, Senin (27/2). Kehadiran rumah sakit ini sangat dinantikan warga.

Lorong jadi Kios, Dijual Rp 80 Juta ■ Pedagang Pasar Pagi Mengadu ke Dewan SAMARINDA, TRIBUN Komisi I DPRD Kaltim melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Pagi Samarinda, Senin (27/ 2). Sidak merupakan tindaklanjut atas surat resmi Asosiasi Pedagang Pasar yang mengeluhkan pungutan kenaikan retribusi 50-100 persen dan proses pembangunan proyek peningkatan pasar menjadi empat lantai. Dalam sidak rupanya yang ditemukan Komisi I tak hanya dua masalah tersebut. Di antaranya proses pembangunan yang tak sesuai dengan ketentuannya

yakni harusnya lorong untuk pejalan kaki, namun dibangun dan dibuatkan kios dan kemudian dijual seharga Rp 80 juta per kios. Dan yang lebih parah lagi, Komisi I mendapatkan laporan langsung dari pedagang, jika lapak-lapak pedagang di tangga naik dijual ke pedagang. “Jadi lorong itu dibangun kios-kios seluas 2x1,5 meter, kami tanyakan ke pedagangpedagang di sana, ternyata perkios dihargai Rp 80 juta. Nah sedangkan tangga naik, kita bisa lihat sendiri kan banyak juga pedagang kita yang bukan lapak di situ, eh

ternyata itu dijual-belikan. Saya mendengar yang menjualnya adalah Dinas Pasar. Ini kan keterlaluan namanya,” kata Sudarno, Ketua Komisi I DPRD Kaltim, disela Sidak. Menurutnya, penataan pasar pagi sebagai salah satu pasar rakyat tradisional di Samarinda sungguh sangat tidak profesional. Harusnya justru pasar rakyat dipelihara dan dilestarikan sebagai bentuk penghormatan dan pelestarian kebudayaan lama di tengah menjamurnya pasar-pasar moderni di malmal atau supermarket. “Pasar itu menyangkut hajat orang

banyak. Kami DPRD Kaltim terutama kami Komisi I sangat berkepentingan untuk bagaimana penataannya benar-benar profesional dan menyejahterakan rakyat kita,” ujarnya dengan tegas. Sedangkan terkait keluhan asosiasi pedagang pasar pagi terkait pungutan retribusi dan proyek pembangunannya, Sudarno mengungkapkan, pihaknya mendapatkan keluhan langsung dari asosiasi mereka dengan mendatangi DPRD Kaltim beberapa waktu lalu. Sudah beberapa kali pertemuan dilakukan dan akhirnya dilakukan peninjauan langsung ke lapangan.

“Dan ternyata setelah kami di lapangan memang benar. Soal retribusi, kan sekarang kenaikannya menjadi 100 persen belum berlaku, tapi mengapa pedagang di sana dikenakan tarif retribusinya naik 50 sampai 100 persen. Jadi kalau biasanya membayar Rp 1.000, pedagang diwajibkan membayar Rp 1.500 perhari. Ini kan tidak benar namanya. Dan soal pembangunan, pedagang mengeluhkan proses pembangunan yang mengganggu aktivitas perdagangan mereka, terutama materialmaterialnya,” terangnya. (aid)

Puji Purnawati, Anggota Komisi II DPRD Balikpapan

Mantan Pesilat yang Terjun ke Politik PEREMPUAN kelahiran Balikpapan 6 Juni 1953 ini, oleh masyarakat sering dipanggil dengan sapaan ibu cantik. Parasnya memang masih segar, meski ia sudah beranak dua. Isteri dari Kurnia Effendi ini, mengaku kalau perempuan selama ini kurang mendapat perhatian. Alasan inilah yang memanggilnya untuk berjuang di jalur politik praktis sebagai wakil kaum hawa.

BIOFILE: Nama : Puji Purnawati Lahir : Balikpapan, 20 September 1977 Alamat : Aspol Segara RT 28 Blok Komplek, Klandasan Ilir, Balikpapan Suami : Kurnia Effendi Anak : 2 orang Jenjang Pendidikan: -Madrasah Ibtidaiyah (MI) As Syuhada Balikpapan (1990), -SMPN 7 Balikpapan (1993), -SMAN 4 Balikpapan (1996), -Mahasiswa Semester 7 Fakultas Hukum Uniba Jenjang Karir : ● Tenaga Pengajar Sekolah Jarimatika Balikpapan, 2005-2009 ● Anggota DPRD Balikpapan, 2009-2014. Pengalaman Organisasi : Wakil Ketua Bidang Biro Pemberdayaan Perempuan DPD PAN Balikpapan, 2010-2015 ■ Wakil Bendahara Kaukus Politik Perempuan Indonesia (KPPI) Balikpapan, 2011-2012 ■ Sekretaris Persatuan Senam Indonesia (Persani) Balikpapan, 2011-2013. (ful) ■

Awalnya, Puji tak pernah menyangka dirinya akan menekuni dunia politik. Semua bermula dari tawaran kerabat dan dukungan keluarga. Minimnya partisipasi politik kaum hawa di parlemen, membuat Puji merasa tertantang dan sulit menampik tawaran itu. Hingga akhirnya ia resmi bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) jelang 2009. Ijtihad-nya dengan partai berlambang matahari terbit itu, bukan tanpa alasan. Sebab, dirinya sangat mengagumi dan mengidolakan sosok Amien Rais, mantan Ketua MPR RI yang juga pendiri PAN. “Pak Amien itu orangnya reformis, cara bicaranya juga enak, lembut dan lompatan berpikirnya luar biasa. Sehingga sangat jarang menemukan tokoh seperti dia, yang saya anggap sebagai aset bangsa ini,” ujar Puji kepada Tribun, Senin (27/2) siang. Dibalik sikapnya yang ramah, banyak yang tak menyangka jika Puji merupakan mantan atlet pencak silat. Ia pernah menjuarai Kejurcab IPSI Kota Balikpapan 1994 silam, kala masih membela Pencak Silat Setia Hati Terate. Saat itu Puji memainkan Kelas A, yakni kategori untuk berat badan 4550 Kg. Lawan-lawannya dibuat tak berkutik dan tersingkir dari arena. Hasil manis itu membuat dirinya sempat melenggang ke Kejurda Provinsi Kaltim 1995. Namun langkahnya hanya terhenti sampai di sini, Puji tak berdaya melawan pesaing-

pesaingnya. Kendati demikian, dedikasinya terhadap Perguruan Pencak Silat Setia Hati Terate membuat ia diangkat sebagai anggota Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Balikpapan. Sebuah status yang prestisius, mengingat status itu hanya disematkan kepada murid yang telah melalui seluruh jenjang sabuk. Modal inilah yang membuat Puji tahan banting dalam dunia politik. Baginya, perempuan harus diberi perhatian lebih, karena selama ini perempuan masih kurang mendapat perhatian khusus dari pemerintah sehingga eksploitasi terhadap kaum perempuan masih sering terjadi di bangsa ini. “Siapa lagi yang berjuang keras meneriakkan aspirasi perempuan kalau bukan dari perempuan sendiri,” urainya. (ful)

PEMIMPIN UMUM(Plt): Agus Nugroho PEMIMPIN REDAKSI: Achmad Subechi REDAKTUR PELAKSANA: Priyo Suwarno MANAJER PRODUKSI: Arif Er Rachman WAKIL MANAJER PRODUKSI: Baskoro Muncar KOORDINATOR LIPUTAN: Fransina Luhukay STAF REDAKSI: H Sjamsul Kahar, H Herman Darmo, Uki M Kurdi, Achmad Subechi, Ignatius Sawabi, Priyo Suwarno, Arif Er Rachman, Baskoro Muncar, Iwan Apriansyah, Fransina Luhukay, Adhinata Kusuma, Dwi Haryanto SN, Sumarsono, Mathias M Ola, Trinilo Umardini, M Abduh Kuddu, Rita, Reza Rasyid Umar, Margaret Sarita, M Wikan Hendarman, Maipah, Ahmad Bayasut, Fachmi Rachman, Feri Mei Efendi, Basir Daud, Rafan A Dwinanto, Syaiful Syafar. BIRO SAMARINDA, Jl Ulin No.106 Samarinda, Telepon: 0541 202416, 202417, fax: (0541) 769855: H Maturidi (kepala), Achmad Bintoro, Budhi Hartono, Khaidir, Maipah, Nevrianto HP, Reonaldus, Muhammad Yamin, Hasbi. KUTAI KARTANEGARA: Rahmat Taufik KUTAI TIMUR: Kholish Chered. BONTANG: Udin Dohang PASIR: Sarassani. PENAJAM PASER UTARA: Samir TARAKAN: Junisah. KUTAI BARAT: Alex Pardede. BERAU: Amalia Husnul A. NUNUKAN: Niko Ruru. BIRO JAKARTA, Jl Palmerah Selatan 3, Jakarta 10270, Telepon (021) 5356766 (7618), Fax (021) 5495360: Febby Mahendra Putra (Kepala), Domuara Ambarita (Wakil) Agung Budi Santoso, Johnson Simanjuntak, Chairul Arifin, Ismanto, Rachmad Hidayat, Toni Bramantoro, Yuli Sulistyawan, Yoni Iskandar, Bian Harnansa, Hendra Gunawan, Sugiarto, Budi Prasetyo, Hasanuddin Aco, Murdjani. DIREKTUR UTAMA: Asih Winanti. DIREKTUR: H Herman Darmo, Uki M Kurdi. PEMIMPIN PERUSAHAAN / MANAJER IKLAN: H Zainal Abidin. MANAJER SIRKULASI: Iskandar. BAGIAN IKLAN JAKARTA: Doddy Setiawan (HP 08164859626), Jl Palmerah Selatan 3 Jakarta, Telp: (021) 5483863, 5494999, 5483008, 5480888 (ext: 7635-7638) Fax: (021) 53696583 Tarif Iklan: ■ Umum Display (B/W) Rp 22.500/mm kolom ■ Spot Colour (2 warna): Rp 30.000/mm kolom ■ Spot Colour (1 warna): Rp 25.000/mm kolom ■ Full Colour: Rp 35.000/mm kolom ■ Halaman 1 (B/W) Rp 60.000/mm kolom ■ Halaman 1 (F/C) Rp 90.000/mm kolom ■ Iklan Baris (2 s/d 10 baris): Rp 10.000/baris. Harga di atas belum termasuk PPN 10%.KANTOR PUSAT BALIKPAPAN Jl Indrakila Straat III Dalam, RT 52 No 1 Kampung Timur, Balikpapan 76125. Telepon: (0542) 735015, 7020152, 7020151, Fax: (0542) 735013 No Rek 191.0724971 BCA Balikpapan a/n PT Mahakam Media Grafika. PENERBIT: PT Mahakam Media Grafika. ISI DILUAR TANGGUNG JAWAB PERCETAKAN

WARTAWAN “TRIBUN KALTIM” SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA/MEMINTA APAPUN DARI NARASUMBER

CMYK

CMYK

Tribun Sport

SELASA 28 FEBRUARI 2012

3

ANTARA/PUSPA PERWITASARI

Andik Vermansyah (kanan).

Garuda Muda Hadapi Myanmar ■ Turnamen Hassanal Bolkiah Thropy 2012 BANDAR SERI BEGAWAN, TRIBUNTimnas Indonesia U-21 akan bertemu lawan berat, Myanmar, pada partai ketiga Grup A turnamen Hassanal Bolkiah Thropy di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Selasa (28/2). Butuh perjuangan keras dari Pasukan Garuda Muda untuk meraih tiga angka. Myanmar merupakan tim favorit dari Grup A untuk lolos ke babak semifinal menyusul permainan impresif pada laga perdananya melawan Filipina. Dalam pertandingan tersebut, Myanmar mampu melibas Filipina dengan skor meyakinkan 8-2. Koordinator Timnas Bob Hippy mengakui, Myanmar akan menjadi lawan berat tim asuhan Widodo C Putro. Ia pun meminta Andik Vermansyah dkk menjaga mental bertanding agar berhasil memenangkan laga demi kans lolos ke semifinal. “Laga melawan Myanmar sangat krusial.

Oleh karena itu yang perlu diperhatikan adalah mental para pemain harus benarbenar kuat,” ujar Bob ketika dihubungi wartawan, Senin (27/2). Di atas kertas, kata Bob, kekuatan Indonesia berada di bawah Myanmar secara kualitas individu maupun kolektivitas tim. Tapi ia berharap motivasi Garuda Muda tidak melorot sebelum berperang. Kehadiran Andik diharapkan bisa meningkatkan mental dan daya bermain pemain lainnya. “Andik memiliki jam terbang mumpuni untuk memimpin rekanrekannya di atas lapangan,” ungkap Bob, yang juga pernah membela Tim Merah Putih. Indonesia sementara memuncaki klasemen sementara Grup A dengan koleksi empat usai mengalahkan Laos 2-0 dan bermain imbang 1-1 dengan Singapura, disusul Myanmar dan Laos dengan tiga poin, Singapura (1), dan Filipina (0). (tribunnews.com/wan)

AP/PAUL SAKUMA

Kevin Durant

● Perang Bintang NBA Dimenangkan Tim Barat ORLANDO, TRIBUN - Perang bintang NBA yang dihelat di Amway Center, Orlando, akhirnya di menangkan tim Barat setelah mengalahkan tim Timur 149-152. Dalam laga yang digelar hari Minggu waktu setempat (Senin WIB/27/02), forward andalan Oklahoma City Thunder, Kevin Durant, menjadi Most Valuable Player (MVP). Di kuarter pertama, tim Barat yang di motori Durant berhasil menutup kuarter ini dengan 28-39. LeBron James yang tak mau ketinggalan dengan Durant, mencetak 15 poin di kuarter dua. Walau begitu tim Timur harus tetap tertinggal 69-88. Hiburan terus ditunjukkan oleh bintang-bintang NBA terbaik dalam laga ini. Skor 112-124 akhirnya menutup kuarter ketiga untuk kemenangan tim Barat. Pertandingan yang tadinya tidak begitu terlihat serius akhirnya menjadi menegangkan. Tim Barat yang sepanjang pertandingan selalu unggul akhirnya terkejar dengan selisih satu poin lewat dua tembakan bebas Dwayne Wade. Setelah itu dengan cepat tim Timur mengambil sacrifice foul kepada Bryant. Bryant yang mendapatkan dua tembakan bebas hanya berhasil memasukan satu tembakan. Tapi Barat masih unggul 149-151. Setelah mengambil time out, tim Timur mencoba mencetak tiga angka melalui Derow William, walau tembakannya gagal, bola berhasil kembali dikuasai oleh James. James yang setelah itu bermaksud mengoper bola kepada rekannya jutru melakukan kesalahan ketika operannya ditebak oleh Blake Griffin. Dengan cepat kembali tim Timur mengambil sacrifice foul. Setelah itu satu tembakan bebas Griffin menutup pertandingan ini 149-152. Durant yang menajadi MVP di laga bintang ini mencetak 36 poin, 7 rebound, 3 assist, dan 3 steal. Di tim Timur James juga mencetak 36 poin. Selain itu bintang Miami Heat tersebut mengumpulkan 6 rebound, dan 7 assist. (kps)

Peluang Lolos Terbuka PELATIH Timnas U-21, Widodo Cahyono Putro, menilai tim asuhannya menunjukkan perkembangan positif usai menjalani dua laga. Ia pun memastikan timnya sudah siap meladeni Myanmar. “Kita sudah mengalami progress yang lebih baik di laga pertama dibanding Singapura yang baru menjalankan laga pertama. Anak-anak kita malah lebih unggul secara fisik walau ini adalah laga kedua kita,” kata Widodo terkait hasil seri lawan Singapura. Mantan striker Timnas ini mengaku sudah melakukan evaluasi. “Ada beberapa evaluasi. Tapi yang pasti, tim pelatih bangga terhadap semangat

juang anak-anak,” ujar Widodo, sembari berharap semangat juang serupa kembali ditunjukkan lawan Myanmar. Secara statistik, Indonesia memiliki peluang lolos ke babak semifinal. Yosua Pahabol dkk bersaing dengan Myanmar dan Singapura. Peluang Laos cukup berat, sedang Filipina hampir pasti tersisih menyusul dua kekalahan beruntun. Terakhir, Filipina kembali dilumat Laos 1-3. Bila sukses menekuk Myanmar, kans Garuda Muda makin terbuka. Apalagi di laga terakhir hanya bertemu tim lemah Filipina, Minggu (4/2). Tetapi, peluang Indonesia bisa terancam jika kalah dari Kyaw Zayar Win dkk. (tribunnews.com/wan)

Icuk: Benahi Pembinaan Atlet JAKARTA, TRIBUN - Mantan pemain nasional, Icuk Sugiarto, meminta Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia menciptakan sistem pembinaan melatih pemain muda berbakat, agar siap tampil di ajang dunia. Selama ini, banyak pemain muda berbakat muncul

sebagai juara di berbagai turnamen tetapi tidak sampai menjadi atlet nasional. “Kita dapat membuat turnamen bulutangkis bagi para pemain remaja dan anak-anak, tetapi tujuan utama dari turnamen itu justru tidak tercapai. Ketiadaan sistem pembinaan yang

Durant Sabet MVP

jelas membuat para pemain muda berbakat tidak sampai menjadi pemain nasional,” kata Icuk, Senin (27/2) di Jakarta. PBSI, kata Icuk, perlu membuat sistem yang jelas. Setelah pemain muda menjadi juara suatu turnamen nasional, mereka harus dilatih dan

CMYK

difasilitasi agar siap menjadi atlet nasional. Atlet senior Taufik Hidayat mengatakan pula, para pemain muda yang saat ini berada di pelatnas harus sering dikirim untuk berkompetisi, termasuk mengikuti Sirkuit Nasional (Sirnas). Taufik mengkritik tidak dikirimkannya para pemain pelatnas pratama untuk mengikuti Sirnas, sehingga mental dan kemampuan mereka tidak teruji di dalam negeri.

“Bagaimana mereka mampu menjadi juara di luar negeri jika tidak menjadi juara di dalam negeri? Atau mereka takut kalah bersaing dengan para pemain klub?” kata Taufik. Kewajiban mengikuti Sirnas, kata Taufik, juga dapat menjadi tolok ukur kemampuan pemain pelatnas pratama. Pemain yang selalu menang dapat diprioritaskan menjadi pemain utama dan pemain yang mudah kalah perlu diganti dengan pemain lain. (kps)

CMYK

4

Tribun Ekbis

SELASA 28 FEBRUARI 2012

21 Agustus 06 03 28 Januari 2012 Februari 2011 2012

Indeks Harga Saham Gabungan Bursa Efek Indonesia (BEI)

IHSG 3.986,515 3.906,264 3.861,016

LQ 45 703,861 691,688 740,636 665,283

Senin (27/02) Jumat Kamis (20/01) (05/01) -14,558 -15,595 -1,157 Poin -33,546 Poin (-0,37%) (-0,03%) (-0,86%) (-0,37%)

% % Poin Poin

-2,053 -6,366 0,154 0,154

% %

(-0,25%) (-0,30%) (-0,95%) (0,02%)

Frekuensi Transaksi Volume Transaksi Nilai Transaksi

156.613 117.661 131.150 83.113 kali kali 2,684 4,882 4,877 9,7 juta milliar miliar lotlbr lbr Rp 6,568 3,716 Triliun 4,079 triliun

Top Gainer Delta Jakarta Fastfood (FAST) (DLTA) Rp 1.000 2.000 ke Rp 14.700 3.500 128.000 115.000 UnitedJakarta Unilever Delta Tractor (UNVR) (DLTA) (UNTR) Rp 500 250 ke Rp 140.500 750 28.500 20.050 Unilever Taisho Astra Internasional (SQBI) (UNVR) (ASII) Rp Rp450 250 500ke keRp Rp68.700 20.450 125.500 Century Textille Indocement Unilever (UNVR) (INTP) (CNTX) Rp 400 200 ke Rp 18.600 350 7.400 18.400

Top Looser Surya Indo Tambangraya Toto (TOTO) (ITMG) HM Sampoerna (HMSP) 3.100 550 39.850 55.000 Rp 950 keke RpRp 52.050 Indocement (INTP) Gudang Garam (GGRM) Rp 350 800 18.000 950 ke Rp 62.800 51.000 SemenInternasional Astra Gresik (SMGR) (ASII) Surya Toto (TOTO) 600 ke Rp 49.100 350 11.850 21.600 Rp 900 Gudang Indosat (ISAT) Garam (GGRM) Indocement (INTP) Rp 750 600 ke 200 ke Rp Rp 16.350 57.500 5.650 Rp

Bursa Regional Shanghai

2.679,26 2.447,06 2.319,12 2.148,45 Hang Seng

21.217,86 20.110,37 18.813,41 22.421,46 Nikkei 225 Nikkei-225

9.633,93 8.766,36 8.488,71 9.844,59 Strait Times Straits Times

2.957,19 3.176,82 2.843,82 2.716,99

Poin %

-24,52 23,04 7,43 -20,94 (-0,91%) (-0,97%) (1,00%) (0,30%)

Poin %

-189,00 167,42 86,10 -241,91 (0,46%) (0,84%) (-0,88%) (-1,07%)

12.322 11.664 11.905 12.195 11.782 11.546

Poin %

126,68 -71,40 -13,45 -120,42 (-0,83%) (-0,14%) (1,47%) (-1,21%)

11.679 112.98 120.03 118.80 11.555 111.74

Poin %

-20,89 32,62 -5,97 -38,45 (-1,20%) (-0,70%) (-0,22%) (1,16%)

9.000 9.156 9.209

8.910 9.117 9.064

13.941 12.322 14.373 14.227 13.799 14.385 7.075 7.285 7.152

7.078 6.999 7.206 8.995 9.110 9.163 8.460

Hasil Uji Emisi Esemka Kelar Satu Minggu

ANTARA/ISMAR PATRIZKI

Pihak-pihak terkait mengamati proses uji emisi mobil Esemka di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (27/2). Pengujian terakhir dari total 11 tahapan terhadap mobil karya siswa-siswa SMK di Solo tersebut berlangsung lancar, dan tidak ditemukan kendala atau masalah.

SERPONG, TRIBUN - Uji emisi terhadap mobil Esemka di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Serpong, Tanggerang telah digelar Senin (27/2) kemarin. Ujian ini merupakan langkah terakhir, sementara uji laik jalan telah dilakukan beberapa tahun lalu dan lulus. SUV yang sudah datang dari jam 6, Senin pagi itu , langsung memasuki shocking room atau ruang pengujian. Sesuai prosedur, sebelum pengujian, kendaraan harus di dinginkan selama 6 jam. Untuk proses uji emisi itu sendiri hanya berlangsung selama 19 menit 40 detik yang dilakukan dengan standar EURO 2 atau R83 melingkupi uji HC (Hydro carbon), NOX ( Natrium Oksida), dan CO (Carbon Monoksida). “Di sini BPPT sebagai penguji yang dipercaya pemerintah - dalam hal ini Kementrian Perhubungan - yang juga sebagai saksi. Hasil pengujian kurang lebih 1 minggu sudah keluar, tapi yang berhak mengumumkan pemerintah (Kemenhub) sebagai pemilik data,” jelas DR.Ir Erzi Agson Gani, Deputi BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa. Proses uji emisi yang masuk dalam serangkaian uji tipe terhadap mobil Esemka mulai dilakukan Agustus 2010. “Selama pengujian tadi semua berjalan lancar dan wajar, seperti yang kita lihat tidak ada masalah,” ujar Roy Suryo, anggota DPR Komisi 1, yang ikut mengendarai KIAT Esemka dari kota Solo ke Jakarta. Setiap pejabat yang hadir menyambut optimis, bahwa hasilnya uji ini akan baik. “Untuk persaingan di industri otomotif tanah air, biar kualitas mobil Esemka yang akan menjawabnya. Saya yakin kendaraan ini tidak kalah saing dengan pelaku otomotif lain,” jawab Walikota Surakarta, Joko Widodo. “Semoga lewat pengujian hari ini Esemka bisa menjadi brand otomotif unggulan Indonesia,” tutupnya. (kps)

Jangan Naik Barengan! ■ TDL dan BBM JAKARTA, TRIBUN - Pemerintah diminta tidak menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi berbarengan dengan kenaikan tarif tenaga listrik sebesar 10 persen karena hal itu dinilai akan memicu lonjakan tingkat inflasi dan memberatkan masyarakat. Demikian benang merah diskusi publik bertema “Mendengar Aspirasi Rakyat Terhadap Rencana Pembatasan BBM Bersubsidi dan Kenaikan Tarif Tenaga Listrik”, Senin (27/2), di Jakarta. Ketua DPP Bidang Energi dan Sumber Daya Alam Partai Golkar Aziz Syamsuddin menyatakan, pihaknya menolak rencana kenaikan tarif tenaga listrik bersamaan dengan kenaikan BBM bersubsidi pada 1 April mendatang sebesar 10 persen bagi pelanggan di atas 900 Volt Ampere (VA) karena hal itu akan membebani masyarakat. Direktur Lembaga Kajian Ekonomi Pertambangan dan Energi (ReforMiner Institute) Pri Agung Rakhmanto menyatakan, menaikkan harga BBM dan tarif tenaga listrik pada satu tahun

bersamaan akan sangat memberatkan masyarakat. “Sangat tidak bijaksana jika dilakukan bersamaan, harus dipilih salah satunya berdasarkan skala prioritas dan derajat urgensinya,” ujarnya. Dilihat dari urgensinya, Pri Agung menilai, kenaikan harga BBM lebih menjadi prioritas dibandingkan kenaikan tarif listrik. Harga BBM nonsubsidi yang sudah mencapai dua kali dari harga BBM bersubsidi menimbulkan peningkatan konsumsi dan penyalahgunaan BBM bersubsidi. Selain itu, rendahnya harga BBM bersubsidi juga mengakibatkan energi alternatif tidak bisa berkembang. Apalagi, sejauh ini tarif tenaga listrik lebih tepat sasaran dibandingkan dengan harga BBM karena rekening pemakaian listrik bersifat individual dan tarif listrik untuk pelanggan 450-900 VA relatif lebih rendah dibandingkan golongan pelanggan 900 VA ke atas. “Jadi tarif listrik saat ini lebih tepat sasaran dibandingkan BBM,” ujarnya. (kps)

Didicil Tiga Kali MENTERI Perindustrian MS Hidayat berharap kenaikan tarif dasar listrik (TDL) tak akan memberatkan para pengusaha. Selain berencana menaikkan harga bahan bakar minyak, pemerintah juga hendak menaikkan tarif dasar listrik yang besarannya dapat mencapai 10 persen pada bulan April 2012. Saat ini, kata Hidayat, pemerintah tengah mewacanakan kenaikan TDL secara bertahap. Wacana ini digulirkan Menteri Keuangan Agus Martowardjojo. “Kenaikan per kuartal,” kata Hidayat kepada para wartawan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (27/2).

Dikatakan Hidayat, rencana Menkeu ini belum disampaikan secara langsung. “TDL tetap 10% (naik). Tetapi katanya kenaikannya dicicil tiga kali supaya tidak memberatkan. Tapi itu baru wacananya Menteri Keuangan,” ujarnya. Kenaikan TDL tersebut akan dicicil tiga kali. Jadi setiap kuartal, TDL perlahan akan naik sampai menyentuh 10% kenaikannya. Soal kepastian kenaikan TDL ini, pemerintah belum bisa memastikan karena semua harus mendapat izin dari DPR. Sementara DPR sampai saat ini belum mau mengizinkan kenaikan TDL, apalagi BBM subsidi juga bakal naik. (kps)

ANTARA/LUCKY.R

Sejumlah pekerja menyelesaikan tahap akhir proyek listrik PLTU Lontar di kawasan Sepatan, Kab.Tangerang, Banten, Sabtu (28/1).

Bongkar Semen Terlalu Lama ■ Di Balikpapan Sampai 2 Minggu BALIKPAPAN, TRIBUN - Terbatasnya waktu pembongkaran di pelabuhan Semayang Balikpapan menjadi kendala utama dalam distribusi semen di Balikpapan. Urip Timuryono, Ketua Asosiasi Semen Indonesia mengungkapkan, kapasitas pelabuhan yang kecil ditambah dengan waktu pembongkaran hingga pukul 17.00 wita setiap harinya, membuat waktu bongkar muatan semen dari kapal menjadi lebih lama. “Kalau pelabuhan besar, pembongkaran bisa dilakukan selama

24 jam sehingga waktu yang dibutuhkan tidak begitu lama. Hanya dalam waktu 2-3 hari sudah selesai. Tetapi di Balikpapan membutuhkan 12 minggu, akibatnya kebutuhan yang mestinya dipenuhi tidak bisa dilakukan dengan cepat,” papar Urip, Senin (27/ 2). Berdasarkan data dari asosiasi semen, pada tahun 2010 lalu Kaltim menerima pasokan semen sebanyak 1.068.000 ton dan naik menjadi 1.170.000 ton pada tahun 2011. Pasokan semen untuk Kaltim bisa

jauh lebih banyak, namun karena kondisi pelabuhan di Balikpapan tak memadai maka produsen semen pun enggan untuk mengirim lebih banyak. “Selain itu, jalan tol SamarindaBalikpapan juga belum rampung sehingga kendaraan besar tidak bisa melintas untuk membawa semen ke Balikpapan,” kata Urip. Urip mengakui distribusi semen melalui pelabuhan di Samarinda jauh lebih baik daripada melalui Balikpapan, karena pelabuhannya yang cukup besar, didukung adanya packing plant

CMYK

semen yang sudah berdiri di Samarinda. Tahun ini, Urip mengungkapkan pihaknya berupaya agar pasokan semen ke Kaltim melalui pelabuhan di Balikpapan dan Samarinda bisa ditingkatkan lagi. Namun, khusus untuk Balikpapan diharapkan bisa didukung dengan waktu pembongkaran di pelabuhan selama 24 jam. “Adanya kebijakan waktu masuk kota juga ikut menjadi pertimbangan kami. Kalau memang tak boleh masuk kota maka semestinya ada gudang

yang menjadi tempat penyimpanan barang-barang penting bagi masyarakat. Kalau berada di kapal maka harganya makin mahal, dan itu dibebankan pada pembeli,” paparnya. Urip menyampaikan pembangunan pelabuhan peti kemas di Kariangau menjadi harapan besar bagi asosiasi semen. Bahkan, tiga perusahaan semen di Indonesia yakni Semen Gresik, Tonasa dan Bosowa akan membangun packing plant di Kariangau, untuk memudahkan distribusi semen di Kaltim. (may)


Digital Newspaper Tribunkaltim