Issuu on Google+

TIM KOORDINASI PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR WILAYAH SUNGAI BENGAWAN SOLO

KEGIATAN TIM KOORDINASI PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR WILAYAH SUNGAI BENGAWAN SOLO TAHUN 2011

SIDANG PLENO IV TKPSDA WS BENGAWAN SOLO 20 JANUARI 2010 PEMBAHASAN :  PERGANTIAN PIMPINAN TKPSDA WS BENGAWAN SOLO;  PENYUSUNAN PROGRAM KERJA TAHUN 2011

DOKUMENTASI

HASIL SIDANG PLENO 20 JANUARI 2011 

PERGANTIAN JABATAN KETUA TKPSDA WS BENGAWAN SOLO DARI KEPALA BAPPEDA PROV. JAWA TIMUR, DR. IR. ZAINAL ABIDIN, MM SELAKU KETUA TKPSDA WS BENGAWAN SOLO PERIODE TH. 2010 KEPADA KEPALA BAPPEDA PROP. JAWA TENGAH, HERRU SETIADHIE, SH . M.SI. SELAKU KETUA TKPSDA WS BENGAWAN SOLO PERIODE TH.2011;

PERGANTIAN JABATAN KETUA HARIAN TKPSDA WS BENGAWAN SOLO DARI KEPALA DINAS PSDA PROV. JAWA TENGAH, IR. PRASETYO BUDIE YUWONO, ME SELAKU KETUA HARIAN PERIODE TH. 2010, KEPADA KEPALA DPU PENGAIRAN PROP. JAWA TIMUR, IR. SUPAAD, M.SI SELAKU KETUA HARIAN PERIODE TH. 2011;

PERGANTIAN KOMISI TKPSDA WS BENGAWAN SOLO PERIODE TAHUN 2011, DENGAN HASIL SEBAGAI BERIKUT : 1.

KOMISI I KETUA KOMISI KONSERVASI SDA TAHUN 2011 ADALAH KEPALA DINAS PSDA PROVINSI JAWA TENGAH, WAKIL KETUA DARI YLPMI BOYOLALI, SEKRETARIS DARI KEPALA DINAS KEHUTANAN PROPINSI JAWA TIMUR.

2.

KOMISI II KETUA KOMISI PENDAYAGUNAAN SDA TAHUN 2011 ADALAH KEPALA BAPPEDA PROPINSI JAWA TIMUR DAN WAKIL KETUA DARI KABAG IPA PETRO KIMIA GRESIK, SEKRETARIS DARI KEPALA BIRO PERENCANAAN & OPERASIONAL WS BENGAWAN SOLO, PJT I.

3.

KOMISI III KETUA KOMISI PENGENDALIAN DAYA RUSAK AIR TAHUN 2011 ADALAH KEPALA BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI BENGAWAN SOLO, WAKIL KETUA DARI FORUM KOMUNIKASI BOJONEGORO, SEKRETARIS DARI ASISTEN ADM.EKONOMI PEMBANGUNAN SETDA KAB. BLORA.

 MATRIK PROGRAM KERJA AKAN DISUSUN SETIAP KOMISI.

HARI,TANGGAL

:

SENIN 21 FEBRUARI 2011

TEMPAT SIDANG

:

R. SIDANG GRAND SETIA KAWAN HOTEL, SURAKARTA

ACARA SIDANG

:

SIDANG KOMISI I

ANGGOTA

:

19 ANGGOTA

AGENDA SIDANG

:

PENYUSUNAN MATRIKS KONSERVASI SUMBER DAYA AIR

SIDANG KOMISITKPSDA WS BENGAWAN SOLO 21 – 22 FEBRUARI 2010

HARI,TANGGAL

:

SELASA 22 FEBRUARI 2011

TEMPAT SIDANG

:

R. SIDANG GRAND SETIA KAWAN HOTEL, SURAKARTA

ACARA SIDANG

:

SIDANG KOMISI II

ANGGOTA

:

20 ANGGOTA

HASIL

:

PENYUSUNAN MATRIKS PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA AIR

SIDANG KOMISITKPSDA WS BENGAWAN SOLO 21 – 22 FEBRUARI 2010

SIDANG KOMISITKPSDA WS BENGAWAN SOLO 21 – 22 FEBRUARI 2010 HARI,TANGGAL

:

SELASA 22 FEBRUARI 2011

TEMPAT SIDANG

:

R. SIDANG GRAND SETIA KAWAN HOTEL, SURAKARTA

ACARA SIDANG

:

SIDANG KOMISI III

ANGGOTA

:

19 ANGGOTA

HASIL

:

PENYUSUNAN MATRIKS PENGENDALIAN DAYA RUSAK AIR

DOKUMENTASI

SIDANG PLENO TKPSDA WS BENGAWAN SOLO 28 FEBRUARI 2010 HARI,TANGGAL PUKUL TEMPAT ACARA

: : : :

SENIN, 28 FEBRUARI 2011 09.00 - SELESAI LOR INN HOTEL, JL. ADI SUCIPTO 47 SURAKARTA 1. PEMBAHASAN MATRIK PROGRAM KERJA HASIL SIDANG KOMISI I KONSERVASI SDA, KOMISI II PENDAYAGUNAAN SDA DAN KOMISI III PENGENDALIAN DAYA RUSAK AIR. 2.

PENETAPAN PROGRAM KERJA TKSDA WS BENGAWAN SOLO TAHUN 2011.

HASIL

A. HASIL MATRIK PERENCANAAN PROGRAM LINTAS PELAKU KOMISI I KONSERVASI SDA WS BENGAWAN SOLO TAHUN 2011 DAN HASIL MATRIK USULAN PERENCANAAN PROGRAM LINTAS PELAKU KOMISI I KONSERVASI SDA WS BENGAWAN SOLO TAHUN 2012 TELAH DISEPAKATI. B. HASIL MATRIK PERENCANAAN PROGRAM LINTAS PELAKU KOMISI II PENDAYAGUNAAN SDA WS BENGAWAN SOLO TAHUN 2011 DAN HASIL MATRIK USULAN PERENCANAAN PROGRAM LINTAS PELAKU KOMISI II PENDAYAGUNAAN SDA WS BENGAWAN SOLO TAHUN 2012 TELAH DISEPAKATI.

C.

HASIL MATRIK PERENCANAAN PROGRAM LINTAS PELAKU KOMISI III PENGENDALIAN DAYA RUSAK AIR WS BENGAWAN SOLO TAHUN 2011 DAN HASIL MATRIK USULAN PERENCANAAN PROGRAM LINTAS PELAKU KOMISI III PENGENDALIAN DAYA RUSAK AIR WS BENGAWAN SOLO TAHUN 2012 TELAH DISEPAKATI.

D. HASIL MATRIK PERENCANAAN PROGRAM LINTAS PELAKU DARI KOMISI I KONSERVASI SDA, KOMISI II PENDAYAGUNAAN SDA DAN KOMISI III PENGENDALIAN DAYA RUSAK AIR AKAN DILAPORKAN TERTULIS KEPADA MENTERI PEKERJAAN UMUM DENGAN TEMBUSAN KEPADA GUBERNUR & BUPATI / WALIKOTA DI WS BENGAWAN SOLO.

DOKUMENTASI

SIDANG KOMISI III TKPSDA WS BENGAWAN SOLO PENGENDALIAN DAYA RUSAK AIR HARI,TANGGAL

: RABU, 6 JULI 2011

TEMPAT SIDANG

: R. SIDANG BENGAWAN SOLO

ACARA SIDANG

: SIDANG KOMISI III

ANGGOTA

: 19 ANGGOTA

HASIL 1.

DALAM PEMBANGUNAN TANGGUL, PARAPET DAN GALIAN ALUR SUNGAI DI KALI LAMONG DIPERLUKAN PEMBEBASAN TANAH UNTUK TAPAK TANGGUL DAN GALIAN ALUR SUNGAI OLEH PEMERINTAH DAERAH. DALAM HAL INI DARI PROPINSI JAWA TIMUR, KABUPATEN GRESIK, KABUPATEN LAMONGAN, KABUPATEN MOJOKERTO DAN KOTA SURABAYA

2.

DALAM HAL INI DIPERLUKAN JUGA BANTUAN DALAM MENGATASI PERMASALAHAN SOSIAL DI LOKASI PEMBANGUNAN.

3.

DALAM PENANGANAN BENCANA BANJIR, AGAR BAHAN BANJIRAN YANG SUDAH DIBERIKAN MOHON SEGERA DIKELUARKAN DI LOKASI BENCANA DAN DITEMPATKAN PADA LOKASI YANG OTENTIK DI LAPANGAN

4.

AGENDA ACARA YANG AKAN DIBAWA KOMISI III DALAM SIDANG PLENO ADALAH PENGELOLAAN BENCANA/DAYA RUSAK AIR DAN RENCANA PENGENDALIAN BANJIR KALI LAMONG.

DOKUMENTASI

SIDANG KOMISI I TKPSDA WS BENGAWAN SOLO KONSERVASI SUMBER DAYA AIR HARI,TANGGAL

:

KAMIS, 7 JULI 2011

TEMPAT SIDANG

:

R. SIDANG BENGAWAN SOLO

ACARA SIDANG

:

SIDANG PLENO TKPSDA WS BENGAWAN SOLO

ANGGOTA

:

21 ANGGOTA

HASIL 1.

PERLU DILAKUKAN INVENTARISASI SETIAP 5 TAHUN TERHADAP LUASAN TUTUPAN HUTAN DI WS BENGAWAN SOLO DENGAN METODE CITRA SATELIT DAN GROUND CHECK.

2.

KONSERVASI SDA DIPRIORITASKAN DI SUB DAS KEDUANG YANG LOKASINYA DIIKAT DENGAN KOORDINAT AGAR DAPAT DIVERIFIKASI OLEH BP DAS.

DOKUMENTASI

SIDANG KOMISI II TKPSDA WS BENGAWAN SOLO PENDAYAGUNAANSUMBER DAYA AIR HARI,TANGGAL

:

SENIN 11 JULI 2011

TEMPAT SIDANG

:

R. SIDANG BENGAWAN SOLO

ACARA SIDANG

:

SIDANG PLENO TKPSDA WS BENGAWAN SOLO

ANGGOTA

:

21 ANGGOTA

HASIL 1. POLA OPERASI WADUK WONOGIRI SEBAGAI BERIKUT :  ALOKASI AIR PER 5 JULI 2011 UNTUK SALURAN INDUK COLO TIMUR SEBESAR 10 M3/DT DAN UNTUK SALURAN INDUK COLO BARAT SEBESAR 3 M3/DT.  ALOKASI AIR PER 11 JULI 2011 S/D 3 AGUSTUS 2011 SECARA TERUS MENERUS (FLAT) UNTUK SALURAN INDUK COLO TIMUR SEBESAR 14 M3/DT) DAN UNTUK SALURAN INDUK COLO BARAT SEBESAR 4 M3/DT.  ALOKASI AIR PER 4 AGUSTUS 2011 S/D 2 SEPTEMBER 2011 SECARA TERUS MENERUS (FLAT) UNTUK SALURAN INDUK COLO TIMUR SEBESAR 12 M3/DT) DAN UNTUK SALURAN INDUK COLO BARAT SEBESAR 4 M3/DT.

……..LANJUTAN HASIL SIDANG KOMISI II

 ALOKASI AIR PER 3 SEPTEMBER 2011 S/D 2 OKTOBER 2011 SECARA TERUS MENERUS (FLAT) UNTUK SALURAN INDUK COLO TIMUR SEBESAR 10 M3/DT) DAN UNTUK SALURAN INDUK COLO BARAT SEBESAR 3 M3/DT.  ALOKASI AIR PER 3 OKTOBER 2011 S/D 31 OKTOBER 2011 SECARA TERUS MENERUS (FLAT) UNTUK SALURAN INDUK COLO TIMUR SEBESAR 0 M3/DT DAN UNTUK SALURAN INDUK COLO BARAT SEBESAR 0 M3/DT. (DAFTAR LENGKAP POLA OPERASI WADUK WONOGIRI REVISI II SEBAGAIMANA TERLAMPIR). 2. POLA OPERASI WADUK WONOGIRI TERSEBUT DILAKSANAKAN MULAI PADA TANGGAL 11 JULI 2011 PUKUL 17.00 WIB.

DOKUMENTASI

SIDANG PLENO TKPSDA WS BENGAWAN SOLO 26-27 JULI 2011 HARI,TANGGAL

:

SELASA - RABU, 26-27 JULI 2011

TEMPAT SIDANG

:

R. SIDANG PURI KENCANA, LOR IN HOTEL

ACARA SIDANG

:

SIDANG PLENO TKPSDA WS BENGAWAN SOLO

ANGGOTA

:

61 ANGGOTA

HASIL MENYEPAKATI DAN MEREKOMENDASIKAN UNTUK DISAHKAN DALAM SIDANG PLENO TKPSDA WS BENGAWAN SOLO YAITU : KOMISI I KONSERVASI SUMBER DAYA AIR  PERLU DILAKUKAN INVENTARISASI SETIAP 5 (LIMA) TAHUN TERHADAP LUASAN TUTUPAN LAHAN DI WS BENGAWAN SOLO DENGAN METODE CITRA SATELIT DAN GROUND CHECK.  KONSERVASI SDA DIPRIORITASKAN DI SUB DAS KEDUANG YANG LOKASINYA DIIKAT DENGAN KOORDINAT AGAR DAPAT DIVERIFIKASI OLEH BP DAS SOLO.  PENGHITUNGAN TARGET WAKTU PROGRAM & RENCANA CAPAIAN TUTUPAN LAHAN.

KOMISI II PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA AIR 1. POLA OPERASI WADUK WONOGIRI SEBAGAI BERIKUT :  ALOKASI AIR PER 5 JULI 2011 UNTUK SALURAN INDUK COLO TIMUR SEBESAR 10 M3/DT DAN UNTUK SALURAN INDUK COLO BARAT SEBESAR 3 M3/DT.  ALOKASI AIR PER 11 JULI 2011 S/D 3 AGUSTUS 2011 SECARA TERUS MENERUS (FLAT) UNTUK SALURAN INDUK COLO TIMUR SEBESAR 14 M3/DT) DAN UNTUK SALURAN INDUK COLO BARAT SEBESAR 4 M3/DT.  ALOKASI AIR PER 4 AGUSTUS 2011 S/D 2 SEPTEMBER 2011 SECARA TERUS MENERUS (FLAT) UNTUK SALURAN INDUK COLO TIMUR SEBESAR 12 M3/DT) DAN UNTUK SALURAN INDUK COLO BARAT SEBESAR 4 M3/DT.  ALOKASI AIR PER 3 SEPTEMBER 2011 S/D 2 OKTOBER 2011 SECARA TERUS MENERUS (FLAT) UNTUK SALURAN INDUK COLO TIMUR SEBESAR 10 M3/DT) DAN UNTUK SALURAN INDUK COLO BARAT SEBESAR 3 M3/DT.  ALOKASI AIR PER - 3 OKTOBER 2011 S/D 31 OKTOBER 2011 SECARA TERUS MENERUS (FLAT) UNTUK SALURAN INDUK COLO TIMUR SEBESAR 0 M3/DT DAN UNTUK SALURAN INDUK COLO BARAT SEBESAR 0 M3/DT. (DAFTAR LENGKAP POLA OPERASI WADUK WONOGIRI REVISI IA SEBAGAIMANA TERLAMPIR). 2. POLA OPERASI WADUK WONOGIRI TERSEBUT DILAKSANAKAN MULAI PADA TANGGAL 11 JULI 2011 PUKUL 17.00 WIB.

KOMISI III PENGENDALIAN DAYA RUSAK AIR  DALAM PEMBANGUNAN TANGGUL/PARAPET DAN GALIAN ALUR SUNGAI DI KALI LAMONG DIPERLUKAN PEMBEBASAN TANAH UNTUK TAPAK TANGGUL DAN GALIAN ALUR SUNGAI OLEH PEMERINTAH DAERAH (PROPINSI JAWA TIMUR, KABUPATEN GRESIK, KABUPATEN LAMONGAN, KABUPATEN MOJOKERTO DAN KOTA SURABAYA), JUGA DIPERLUKAN BANTUAN DALAM MENGATASI PERMASALAHAN SOSIAL DI LOKASI PEMBANGUNAN.  DALAM PENANGANAN BENCANA BANJIR, AGAR BAHAN BANJIRAN YANG SUDAH DIBERIKAN UNTUK SEGERA DIKELUARKAN DI LOKASI BENCANA DAN DITEMPATKAN PADA LOKASI YANG OTENTIK DI LAPANGAN. AGENDA SIDANG SELANJUTNYA KOMISI III a.

DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PERLU ADANYA FASILITASI TOT TENTANG PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR DAN KEKERINGAN DI DAERAH RAWAN BENCANA BAGI ANGGOTA TKPSDA.

b.

PEMBAHASAN MENGENAI PEMANTAUAN KUALITAS AIR DI WS BENGAWAN SOLO.

c.

AGENDA SIDANG YANG LAIN DAPAT DIBICARAKAN PADA SIDANG PIMPINAN TKPSDA WS BENGAWAN SOLO.

DOKUMENTASI 26 JULI 2011

DOKUMENTASI 27 JULI 2011

SIDANG KOMISI I TKPSDA WS BENGAWAN SOLO 17 OKTOBER2011 HARI,TANGGAL

:

SENIN, 17 OKTOBER 2011

TEMPAT SIDANG

:

R. SIDANG BENGAWAN SOLO

ACARA SIDANG

:

1. 2.

ANGGOTA

:

SIDANG KOMISI 1 KONSERVASI SUMBER DAYA AIR KUNJUNGAN LAPANGAN DI DS. SUMBER REJO KEC. BATU WARNO KAB. WONOGIRI 15 ANGGOTA

HASIL MENYEPAKATI DAN MEREKOMENDASIKAN UNTUK DISAHKAN DALAM SIDANG PLENO TKPSDA WS BENGAWAN SOLO YAITU : KOMISI I KONSERVASI SUMBER DAYA AIR  REGULASI TENTANG IMBAL JASA LINGKUNGAN DISERAHKAN KEPADA DEWAN SDA NASIONAL.  KOMISI I MEMBENTUK TIM KERJA UNTUK MENYUSUN MODEL IMBAL JASA LINGKUNGAN (IJL)  KOMISI I TKPSDA WILAYAH SUNGAI BENGAWAN SOLO MEMINTA KEPADA PEMERINTAH KAB./KOTA UNTUK MEMBENTUK DAN MEMFUNGSIKAN KELOMPOK KERJA GNKPA SETEMPAT .


TKPSDA WS Bengawan Solo