Issuu on Google+

E R E H T N E E B T A H T DONE HE GOT T T IR ) T-SH .G.T.T.S (B.T.D.T

erlu p g n a y l a Semua h untuk bisa kamu tahu DUPNYA! HI HIDUP SE

BUKU INI KEREN! uku Sejak ada bperlu ini, gue gak p el buku self h i! ag yang lain l A DHISWAR DENNIS A r se nis) ProdU (@OmDen a FILM dan Pekerj

RISYIANA MUTHIA

VISUAL By: EMERALDA N.A

HOW TO USE THIS BOOK: You should

free your mind & spirit to enter the BTDTGTTS Zone!

BTDT GTTS !! free !! free !!! h Yeaa h!!! A A e Y

Sanksi Pelanggaran Pasal 72 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta 1. Barang siapa dengan sengaja melanggar dan tanpa hak melakukan per­buatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 Ayat (1) atau Pasal 49 Ayat (1) dan Ayat (2) dipidana dengan pidana penjara masing-ma­ sing paling singkat 1 (satu) bu­lan dan/atau denda paling sedikit Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah). 2. Barang siapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedar­kan, atau men­ jual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pe­ langgaran hak cita atau hak terkait sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) dipidana de­ngan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda pa­ ling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

BEEN THERE DONE THAT GOT THE T-SHIRT (B.T.D.T.G.T.T.S)

Semua hal yang perlu kamu tahu untuk bisa HIDUP SEHIDUPNYA! RISYIANA MUTHIA VISUAL: EMERALDA

Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

BTDT GTTS

B.T.D.T.G.T.T.S

(Been There Done That Got The T-Shirt) Oleh: Risyiana Muthia Visual: Emeralda GM 204 01 12 0044 Diterbitkan pertama kali oleh Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Kompas Gramedia Building, Blok I, Lt. 5 Jl. Palmerah Barat No. 29-37, Jakarta 10270 Anggota IKAPI, Jakarta, 2012 www.gramedia.com Hak cipta dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa izin tertulis dari Penerbit. ISBN: 978-979-22-8107-1 Dicetak oleh Percetakan PT Gramedia Jakarta Isi di luar tanggung jawab Percetakan

DISCLAIMER: THE AUTHOR AND THE PUBLISHER ACCEPT NO RESPONSIBILTY FOR ANY ACTION THAT WERE CREATED OR IMPLEMENTED AS A RESULT OF READING THIS BOOK.

SPecial Font USED in this book: > DINSKI CASUAL HANDWRITING > NICHOLAS FRESPECH > BLACK METAL SANS available for free download at www.DAFONT.com. feel free to donate if you use them for commercial work. thank you :)

BEEN THERE DONE THAT GOT THE T-SHIRT (B.T.D.T.G.T.T.S)

Semua hal yang perlu kamu tahu untuk bisa HIDUP SEHIDUPNYA! RISYIANA MUTHIA VISUAL: EMERALDA

125

SEPERTINYA asyik ya

kalau bisa jalan-jalan ke mana-mana cuma bermodalkan tas ransel, buku

travelling,

dan duit seadanya... berpetualang... hmm...

124

BEEN THERE, DONE THAT, got the t-shirt...

123

ITU ORANG player

banget

sih! Ceweknya banyak betul...

122

BEEN THERE,

DONE THAT, got the t-shirt...

ULER kok dijadiin

sarapan... ih!

BEEN THERE, DONE THAT, got the t-shirt...

121

? ??

? ?

Apa sih MAKSUDNYA dari tadi???

120

?

?? ?

SINI...

cuk kucuk.. cuk kucuk..

119

BEEN

THERE...

...DONE

THAT...

GOT THE T- SHIRT...

116

115

114

WOOHOOOO....!!!

YIHAA!!

113

BTDT GTTS

PENGANTAR 112

SEBELUM KITA MEMULAI, DAN SEBELUM KAMU MELANJUTKAN MEMBACA BUKU INI,

tampaknya ada beberapa HAL PENTING yang harus kami kemukakan di sini. Karena, percayalah, kami TIDAK ingin kamu semua salah sangka terhadap semua ini, merasa tertipu, lantas segera bersekutu dengan Ki Rengga membujuk Suketi keluar dari persemayamannya untuk bermain surilang dengan kami. Eh, sungguh jangan dong! Biarlah Suketi tetap tenang beristirahat di alam sana, Sementara itu biarkanlah kami memaparkan hal-hal penting yang kami sebutkan tadi. HAL PENTING itu tentunya berkenaan dengan buku ini. Yang mana kiranya buku ini akan terus menemani kalian dalam beberapa jam mendatang kehidupan kalian. tergantung kecepatan membaca dan seberapa banyak waktu luang yang kalian punya. and yes we do know that there are some people who got too much time on their hands, really, hei kau pengangguran!

Maka kami perlu MENEGASKAN hal-hal penting sebagai berikut: 111

MESKIPUN JUDUL BUKU INI ADALAH B.T.D.T.G.T.T.S (BEEN THERE DONE THAT GOT THE T-SHIRT), buku ini sama sekali NGGAK ditujukan untuk memberikan kamu cara-cara atau trik-trik jitu untuk mendapatkan kaus-kaus kece sebanyak-banyaknya (apalagi lewat cara-cara tidak terpuji seperti mencuri atau menipu).

Memang sedikit banyak buku ini berhubungan dengan kaus. but it's not all! As a matter of fact, kaus-mengkaus hanya mengisi sedikit porsi dari keseluruhan buku ini. Mungkin nantilah kami akan bikin buku yang isinya beneran tentang kaus. Tapi nggak sekarang deh.

Lah terus kalau kalian bertanya kenapa juga ada kata-kata GOT THE T-SHIRT di judul buku ini, ya itu kan biar kamu tertarik saja. Namanya juga usaha. Ngaku saja deh, kamu-kamu semua kalau diminta tolong jadi panitia ini-itu di sekolah atau kegiatan gathering di kantor, pasti nggak semangat kalau nggak dikasih embel-embel kaus gratisan kan? 110

JADI... INI BUKAN BUKU TENTANG CARA DAPETIN KAUS????

sudah kuduga!!

KALAU KALIAN KEBURU KECEWA GARA-GARA SEBELUMNYA

MENGIRA BAHWA BUKU INI ADALAH BENARBENAR TENTANG BAGAIMANA CARANYA MENDAPATKAN KAUS, JANGAN KEBURU DIBUANG DULUAN YAH BUKU INI *MEMBUJUK*... MASIH BANYAK KOK CARA MENDAPATKAN KAuS...

2

1

BACA BAB 1

Lanjut BACA BAB 2

5

4

Setelahnya BACA BAB 4

Kemudian BACA BAB 5

CARANYA IKUTI STEP BERIKUT INI.

3

Terus BACA BAB 3

6

Terakhir BACA BAB 6.. HAHAHAHA!!

ATAU... PALING NGGAK... kalau masih keukeuh juga pengen dapAt kaus gratisan, ya bikin sendiri. Mal bukan satu-satunya tempat buat Mendapatkan kaus. DIY alias Do-It-Yourself dong! Caranya? Ah, tinggal googling. Selain tidak kalah keren di mata para hipster karena bikin sendiri, tentunya juga lebih murah. IN THE MEANTIME... READ ON, YOU FOLKS!

109

EH, TAPI SERIUS DEH, KALIAN PASTI TAHU KAN ARTINYA BEEN THERE, DONE THAT, GOT THE T-SHIRT?

Oke, tahu nggak tahu, baiklah kita paparkan saja. Daripada salah pengertian dan menimbulkan keprihatinan yang tidak menentu, ya kan? BEEN THERE DONE THAT, GOT THE T-SHIRT adalah IDIOM yang biasanya digunakan untuk menggambarkan keadaan ketika seseorang menjalani hidupnya dengan BERSEMANGAT. Mengambil semua kesempatan yang ia temui dan mengambil pelajaran yang sebesarbesarnya dari hal-hal yang ia lewati dalam hidupnya!

Carpe diem! Live your life to the fullest! Atau, buku ini adalah buku tentang

hidup sehidup-hidupnya! semangat itu :)

DAN KALAU KALIAN BERPIKIR KAMI BERDUA SUDAH GILA

karena berani betul membuat buku tentang hidup, yang tentu saja merupakan tema besar yang sepertinya hanya layak ditulis oleh spiritualis atau filsuf atau ilmuwan yang mempelajari semesta, maka kami bilang; YES! IT’S BETTER OFF BEING CRAZY, RATHER THAN BEING UNHAPPY!

Membuat buku tentang how to live your life to the fullest adalah bagian dari living our lives to the fullest itself. dan kami dengan senang hati bersemangat untuk mencoba menjalaninya! :) 108

INI BUKU

TENTANG HIDUP! Selamat membaca, selamat bersenang-senang (semoga!)! SISIE dan DINDA

107

DAFTAR ISI BTDT GTTS

125

103

87

DUA

SATU

PENGANTAR

ENTER

106

112

0 21 49 63

BTDTGTTS!

LIMA

EMPAT

TIGA

105

BTDT GTTS

104

S

A

T

U

103

LIFE PROGRAMMING

do i have other option?

TOO LATE..

END

WHY DO WE HAVE TO LIVE OUR LIVES TO THE FULLEST? BECAUSE LIFE IS SHORT.

Berapa umur maksimal seorang manusia? 60 tahun? 70 tahun? 80 tahun? Kalau beruntung kamu bisa hidup selama Jeanne Calment dari Perancis yang meninggal di usia 122 tahun. But hey, how many people get to be a supercentennarian?* Lagi pula, siapa yang bilang kalau "HIDUP" itu hubungannya cuma dengan umur. Kita tidak membicarakan tentang sekadar hidup. Kita sedang membicarakan "HIDUP". Kamu bisa saja hidup sampai ratusan tahun, tapi siapa yang menjamin kamu benar-benar "HIDUP"? Setiap hari mengerjakan hal-hal yang rutin. setiap saat mengikuti perintah yang digariskan untukmu dari semua yang ada di sekitarmu.

Kamu nggak berani keluar dari kotak, kamu mengikuti

pola yang sudah umum, LAHIR-SEKOLAH-LULUSKERJA-MENIKAH-PUNYA ANAK-MATI. Kamu hidup di realitas Deja-vu, situasi ketika semua berulang, ketika semua tertebak, ketika semua sudah ada aturannya. 101

Padahal, setiap jengkal detik yang kamu miliki, setiap terbit matahari yang berulang dalam hidupmu, adalah KESEMPATAN UNTUK "HIDUP" SEHIDUP-HIDUPNYA. Live your life to the fullest!

Bangun dan buka mata untuk hal-hal yang nggak pernah kamu lihat sebelumnya, kumpulkan keberanian untuk mencoba hal-hal baru setiap saat. Dan manfaatkan kesempatan itu! Bayangkan betapa ruginya kalau kamu mengunci diri di dalam kotak, mengetahui begitu banyak PETUALANGAN MENYENANGKAN yang ditawarkan oleh hidup.

Kenyataannya, apa yang terjadi pada HIDUPMU BENARBENAR ADA PADA TANGANMU SENDIRI. Oh yeah, kamu percaya takdir? Whatever. kalaupun ada yang namanya takdir, segala keputusan yang berkaitan dengan hidupmu, segala "IYA" dan "TIDAK" yang kamu katakan pada setiap kesempatan yang kamu temui, adalah berpulang pada dirimu sendiri. Itu artinya KAMULAH YANG MENGATUR ARAH HIDUPMU, kesempatan yang kamu temui, dan semua halhal yang akan kamu lewati nantinya. 100

Lukis sendiri

GARIS TANGAN kamu!

yang diperlukan : - kemauan untuk mengubah nasib -Keyakinan untuk menentukan nasib sendiri

LIFE IS TRULY WHAT YOU MAKE IT.

99

Isn't it FUN to know, that one day, when you're 64, when you're OLD and senile, you'll be able to smile a big smile, while saying:

98

BEEN THERE, DONE THAT, GOT THE T-SHIRT! Yihaaa!

97

HIDUP ADALAH WTF. MUNGKIN ATAU TIDAKNYA

dirimu menjalani hidupmu sehidup-hidupnya tergantung pada KARAKTER DASARMU. Untuk mengukur seberapa hopeless-nya dirimu, silakan ikuti kuis ini. Jawab dengan JUJUR karena orang jujur berarti tidak suka korupsi. MULAI DI SINI:

MUNGKIN ADA YANG MAU NGASIH HADIAH. BUKA AJA?

ADA KETUKAN DI PINTU

NGGAK, BAHAYA! MUNGKIN ITU SERIGALA JAHAT? BUKA

Ngumpet nggak mau buka. Telepon polisi.

SEGERA! BANTAI!

Dapat telepon dari teman, bilang: apa pun yang terjadi jangan

oke!

nggak ah!

mending nyalain TV

buka pintu! YA! ENAK AJA NYURUHNYURUH.

MARI KITA BUKA PINTU TETAP TEGUH PADA PENDIRIAN

96

E

PERMEN?

APAKAH ITU COKELAT?

AYO BERBURU!

AH! ISINYA

B

PETA HARTA KARUN! BUKA DONg

A

PASTINYA!

Habis ini

D

acaranya bagus kali...

ATAU cari makan aja di luar?

terus mimpi indah...

yah mau gimana lagi...

Mending baca buku! oke! bosen deh ah...

NONTON SINETRON AJA DEH...

TIDUR SIANG AJA ah!

Acaranya

Udah setengah jam nggak ada yang bagus!

Pindah-pindah channel siapa tahu ada yang bagus

ga ada yang bagus!

YES!

Di luar masih kedengaran ada yang ngetuk pintu. Buka aja?

TERNYATA ANAK TETANGGA NO!

NGAJAK MAIN LAYANGAN

A

IKUT MAIN LAYANGAN

MAlas ah!

C 95

Sekarang lihat hasilnya... kamu termasuk yang mana? A. KUTU LONCAT

KAMU ADALAH TIPE YANG NGGAK TAHAN GODAAN, DAN GAMPANG BERUBAH PENDIRIAN. Sifat dan minat kamu gampang berubah tergantung dengan lingkunganmu. Bagus! Itu artinya kemungkinan kamu untuk menjadi orang yang bisa hidup sehidup-hidupnya cukup besar, SANGAT BESAR MALAH!

Meskipun kemungkinan kamu untuk celaka juga cukup besar. Tidak apa-apa, setidaknya kamu BERANI MENCOBA. Silakan teruskan membaca buku ini!

B. ANAK ITIK

KAMU ADALAH TIPE YANG PEMALU DAN TIDAK SUKA BERADA DI BAWAH SPOTLIGHT. Kamu sering kali punya masalah dengan kepercayaan diri. ini menyebabkan kamu sering tidak berani mengambil keputusan-keputusan yang ekstrim dalam hidupmu dan CENDERUNG MENGIKUTI saja pola yang sudah ada di depanmu.

Bagus! Itu

artinya kemungkinan besar kamu sering dilanda rasa BOSAN dan tidak puas menjalani rutinitas hidupmu. serta orang-orang yang terlalu sering mengatur-atur jalan hidupmu. Rasa bosan itu bisa MENJADI MOTIVASI yang bagus untuk dirimu bisa menjalani hidupmu sehidup-hidupnya! Buku ini tepat untukmu. silakan lanjutkan membaca! 94

C. SINGA, SANG RAJA HUTAN

KAMU ADALAH ORANG YANG BERPRINSIP KUAT DALAM HIDUP. Saking kuatnya kamu sering CENDERUNG KERAS kepala dan tidak mudah goyah atas nasihat dan kesempatan apa pun yang ada di depanmu. Kamu hidup dalam aturan yang kamu buat untukmu sendiri dan pendirianmu sangat kuat.

Bagus! Orang yang BERPENDIRIAN KUAT adalah orang yang paling mencintai hidup! Dia membuat PRINSIP-PRINSIP dan aturan dalam hidupnya karena ia ingin menjalani hidupnya sebaikbaiknya. Ini arah yang tepat untuk bisa menjalani hidupmu sehidup-hidupnya! Teruskan membaca. Buku ini memang untuk kamu! D. KURA-KURA DALAM PERAHU.

KAMU HIDUP DALAM ZONA NYAMANMU SENDIRI. Bahasa gampangnya, kamu... LEMOT. Kamu sering tidak mengerti apa yang dibicarakan oleh orang-orang sekitarmu karena kamu enggan untuk keluar dari ZONA NYAMAN itu. Tapi kamu tidak peduli. Yang kamu rasakan sekarang juga sudah cukup kok buat kamu. biar saja dibilang nggak ngerti apa-apa!

Bagus! Itu artinya selama ini kamu terbuai oleh jenis itu saja. Kemungkinan besar, kamu adalah orang yang

kebahagiaan yang itupaling keheranan dan kegirangan begitu mengetahui betapa BANYAK KEBAHAGIAAN LAIN di luar sana yang bisa kamu selami. Untuk bisa menjalani hidup sehidup-hidupnya memang diperlukan RASA TAKJUB TERUS-MENERUS. dan kamulah orangnya. Silakan teruskan membaca!

E. MONYET NAKAL.

KAMU ADALAH TIPE YANG MENYUKAI TANTANGAN. Kamu SENANG BELAJAR, dan bagimu hidup adalah tentang menemukan KESEMPATAN sebanyak-banyaknya untuk "memperkaya" dirimu.

That's

just about what we need! Kamu memang ingin hidup sehidup-hidupnya! Silakan lanjutkan membaca! 93

KATANYA..... INGAT SLOGAN CARPE DIEM dalam

Film Dead Poet Society? SEIZE THE DAY AND LIVE YOUR LIFE TO THE FULLEST!

Ingat Clementine Kruczinsky di Film ETERNAL SUNSHINE OF THE SPOTLESS MIND? Ia mengganti warna rambutnya setiap hari dan melakukan hal-hal yang berbeda dalam hidupnya karena ia sangat takut tidak bisa menjalani hidupnya sehidup-hidupnya.

Some people out there also share the same thoughts...

MAKE YOUR OWN LITTLE BOOK OF

QUOTE! 1

-Gunting/Cutter -Stapler

2

Gunting outline Quote di samping

3

Lipat seperti gambar

4 L

INSPIRATIONA

QUOTE

92

Yang diperlukan:

Gunakan stapler untuk menjilid

L

INSPIRATIONA

QUOTE

L

INSPIRATIONA

QUOTE

Gunting sesuai garis potong

"Kamu tidak bisa menentukan bagaimana caranya kamu akan mati. atau kapan. Kamu hanya bisa menentukan bagaimana caranya kamu akan hidup. sekarang."

BTDT GTTS

"Kamu tetap saja akan mati, baik kamu menghabiskan waktumu dengan duduk berdiam diri sepanjang hari atau dengan berlari-lari di padang rumput hijau dengan sebotol wine di tanganmu."

???? 89

TERSEDIA DI GRAMEDIA DAN DI TOKO BUKU ONLINE FAVORIT ANDA

BUKU INI pasti dibenci oleh para motivator komersil karena keblakblakan dan kesederhanaannya. Saya kurang paham apakah Risyiana Muthia dan Emeralda sebenarnya sedang melawak atau kasih nasehat tentang kehidupan di B.T.D.T.G.T.T.S ini? tapi setahu saya, dua hal itu sebenarnya nggaK beda jauh. Grab this, have a laugh, and get a better/crazy life! VE HANDOJO (@VeHandojo) Penulis

MAYUMI HARYOTO (@MayumiHaryoto) Ilustrator Ibukota SERU dan kocak abis! Both the writing and the illustration are witty and whimsical. I had fun reading it. Bacaan ringan dengan pesan yang sangat mendalam.

B.T.D.T.G.T.T.S menuntaskan kehausan saya terhadap activity book untuk anak muda dan dewasa yang dibuat oleh orang Indonesia. Sebagian besar dari kita mengasosiasikan kebahagiaan dengan uang dan pencapaian. Padahal, ada begitu banyak hal kecil di dunia ini yang bisa membuat kita senang - dan bisa didapatkan secara cuma-cuma! B.T.D.T.G.T.T.S mengingatkan saya bahwa ada begitu banyak hal tidak penting yang penting untuk dilakukan, semata-mata untuk membuat kita merasa hidup, sehidup-hidupnya. Carpe diem! ALANDA KARIZA (@AlandaKariza) penulis dan founder Indonesian Youth Conference ISMAN H. SURYAMAN (@ismanhs) Penulis Humor dan Stand-Up Comedian BAYANGKAN kita sedang mabok dan ditantang untuk membuat buku berdasarkan pepatah 'Carpe diem!' (Raihlah hari ini!). Hasilnya bisa jadi Seperti B.T.D.T.G.T.T.S, teman nongkrong yang mendengarkan kita berkoar tentang 50 Hal Yang Mau Kita Lakukan Sebelum Mati, lantas menendang kita langsung ke nomor 33!

Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Kompas Gramedia Building, Blok I, Lt. 5 Jl. Palmerah Barat No. 29-37, Jakarta 10270 www.gramedia.com

BERAWAL dari mimpi dan berakhir

dengan BEEN THERE, DONE THAT, GOT THE T-SHIRT! Nampaknya Risyiana Muthia dan Emeralda sungguh paham, nyatanya hidup itu cuma 24 jam. Bahkan sangat singkat kalau dihabiskan hanya untuk bermimpi Saja bukan? Hati-hati! Banyak injeksi semangat yang akan kalian temukan disini! Yang belum siap, baiknya jangan beli buku ini. SESA NASUTION (@sesanasution) Lajang jalan pengasuh Malesbanget.com


BTDTGTTS @HidupSehidupnya