Issuu on Google+

BEREKSPERIMEN DENGAN KAYU

Pemasangan Iklan & Customer Service No Bebas Pulsa: 08001990990 e-mail: cs@mediaindonesia.com

Sesuatu yang berasal dari alam memiliki keunikan yang tak bisa dibentuk tangan manusia. Begitu juga kayu yang secara alami memiliki keindahan yang tak tergantikan.

Rp2.900/eks (di luar P. Jawa Rp3.100/eks) Rp67.000/bulan (di luar P.Jawa + ongkos kirim)

Katalog Belanja, Hlm 33-40 MI/ADAM DWI

JSUEM NAT, IN, 3 12 0 D E S E M B E R 2 011 | N O .112 2 49 6 | TA H U N X L I I | 3 42 0 HALAMAN

Pencabutan SK Bupati Solusi Kisruh Bima

EDITORIAL

Tragedi Negeri Bahari NEGERI ini kembali menampakkan wajah kusam. Dikepung samudra, tetapi gagal menjadikan sektor kelautan sebagai kekuatan ekonomi. Hampir tiga perempat wilayah negara ini adalah laut. Tetapi memprihatinkan, negeri bahari ini harus mengimpor ikan untuk mencukupi kebutuhan domestiknya. Angka impor hasil perikanan Indonesia pun terus melonjak setiap tahun. Pada 2008, volume impor ikan sekitar 280 ribu ton, naik menjadi 331,9 ribu ton di 2009, dan meningkat lagi menjadi 369,3 ribu ton di 2010. Lebih memprihatinkan lagi, 40 dari 45 jenis ikan yang diimpor sepanjang 2011 sama dengan ikan budi daya nelayan dan petambak Indonesia, seperti udang, kembung, bandeng, bahkan belut. Dengan harga jual yang lebih murah, keberadaan ikan impor memaksa nelayan Indonesia membanting harga jual tangkapan mereka agar bisa bersaing di pasar. Para nelayan pun meringis miris karena merugi. Namun, cerita impor ikan hanya satu dari sekian banyak catatan yang menunjukkan ketidakbecusan pemerintah mengelola sumber daya yang ada. Mulai dari beras, gula, singkong, cabai, kentang, hingga buah-buahan, negeri ini mengimpor. Silakan tanggapi Bahkan, Indonesia Editorial ini melalui: yang tercatat sebagai mediaindonesia.com salah satu pemilik garis pantai terpanjang di dunia, juga mengimpor garam. Bukan main! Padahal, semua komoditas itu ada dan dihasilkan negara ini. Kemauan pengelola negara untuk memacu volume produksi agar mencukupi kebutuhan di dalam negerilah yang tidak ada. Demikian pula keinginan untuk membereskan problem inefisiensi masih berputar-putar. Persoalan harga memang menjadi salah satu faktor yang membuat produk dalam negeri tidak mampu bertanding dengan barang impor. Produk lokal masih terjerat persoalan klasik, seperti mahalnya biaya modal, ongkos distribusi, serta keterbatasan infrastruktur dan moda transportasi yang menyebabkan harga jual tidak kompetitif. Sayangnya, pemerintah seperti setengah hati mengatasi hambatan-hambatan itu. Pemerintah justru seperti membiarkan keberadaan barang impor dengan harga yang murah. Ketidakmampuan memangkas biaya agar harga produk lokal lebih terjangkau oleh masyarakat membuat pemerintah seolah membiarkan pasar yang menggerus nilai produk anak negeri. Tidak mengherankan, apabila petani akhirnya enggan turun ke ladang untuk menggarap tanah mereka. Nelayan pun enggan mengarungi laut untuk menjala ikan. Sehingga tidak mengherankan juga apabila volume produk pertanian dan perikanan dalam negeri terus turun. Karena sumber daya manusianya telah beralih profesi menjadi buruh pabrik maupun tukang ojek. Untuk itu, penting untuk menyegerakan pembangunan dan pemberdayaan produksi dalam negeri agar pasar domestik yang molek tidak dirajai barang impor. Membiarkan barang impor terus menggempur pasar dalam negeri sama dengan membiarkan nelayan dan petani mati suri di negeri bahari nan agraris ini.

Membiarkan barang impor terus menggempur pasar sama dengan membiarkan nelayan dan petani mati suri di negeri bahari nan agraris ini.”

PAUSE

Asal-muasal Obesitas HUBUNGAN kurang baik ibu dan anak saat balita cenderung menyebabkan obesitas saat anak tumbuh dewasa. Itu hasil penelitian yang diterbitkan jurnal Pediatrics. Penelitian melibatkan 977 anak yang direkam saat bermain bersama ibu mereka. Lebih dari seperempat anak-anak yang dilaporkan tak mempunyai hubungan emosional erat dengan EBET ibu mengalami kegemukan pada usia 15 tahun. Hanya 13% dari anak-anak yang memiliki hubungan baik dengan ibu mereka menjadi gemuk. Menurut peneliti Ohio State University College of Public Health, Columbus, AS, Sarah E Anderson, itu terjadi akibat stres yang selalu menempel di otak anak. (*/Reuters/X-9)

Pengawas internal Polri menetapkan tiga anggotanya telah melakukan pelanggaran disiplin dalam kasus Bima. YUSUF RIAMAN

B

LAHAN BERKURANG: Para petani berbagi minum saat menyiangi padi di Sekargadung, Pasuruan, Jatim, kemarin. Lahan pertanian di Kota Pasuruan terus berkurang, lantaran dijadikan perumahan.

Profesi Petani kian Ditinggalkan KONDISI petani di Indonesia semakin terpinggirkan. Jumlah petani yang beralih profesi pun kian meningkat. Berdasarkan catatan Serikat Petani Indonesia (SPI), setidaknya ada 273.888 keluarga petani alih profesi selama 2011. “Mereka berubah profesi karena berbagai tekanan dan keadaan yang tidak kunjung sejahtera,” kata Ketua Umum SPI Henry Saragih dalam catatan akhir tahun pertanian 2011, kemarin. Jumlah petani yang alih profesi pada 2011 merupakan yang tertinggi sejak 2007. Berdasarkan catatan SPI, jumlah keluarga petani yang tergusur dari

Kirimkan tanggapan Anda atas berita ini melalui e-mail: interupsi@mediaindonesia.com atau mediaindonesia.com Facebook: Harian Umum Media Indonesia Twitter: @MIdotcom

profesi mereka pada 2007 ada 24.257, naik menjadi 31.267 pada 2008, sempat turun menjadi 5.835 di 2009, tetapi naik kembali menjadi 21.367 pada 2010. Tidak hanya itu, minat kaum muda untuk menjadi petani semakin berkurang. “Petani didominasi usia di atas 45 tahun. Kaum muda semakin tidak mau menjadi petani,” urai Henry.

Ketua Departemen Kajian Strategis Nasional SPI Ahmad Yakub menjelaskan, alih profesi petani disebabkan terjadinya berbagai hal. “Ada yang karena penggusuran lahan, ketergantungan terhadap benih yang mahal, dan serbuan impor pangan,” ungkap Yakub. Pada 2012, Yakub memprediksi jumlah petani akan semakin berkurang. Dalam menanggapi itu, ekonom Indef Didik J Rachbini mengatakan pemerintah harus bisa meningkatkan produktivitas petani. Pasalnya, jika produktivitas petani yang ada saat ini tidak ditingkatkan, ketahanan pangan bakal terancam. “Setidaknya satu petani dapat berproduksi tiga kali lipat ketimbang sebelumnya. Pemerintah harus mendukung peningkatan produksi ini,” ujar Didik. Didik juga mengkritik derasnya impor pangan sepanjang 2011. “Impor pangan sepanjang 2011 itu memang ngawur. Pemerintah seharusnya bisa memproteksi petani kita. Akibatnya ya seperti ini, petani beralih profesi, meski ini bukan penyebab utama,” kata Didik. (Fid/X-10)

ARA di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan berakhir jika Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 188/2010 yang berisi izin kepada PT Sumber Mineral Nusantara (SMN) untuk melakukan eksplorasi pertambangan di wilayah itu dicabut. Sejumlah warga Desa Sumi dan Rato, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, mengemukakan itu saat berdialog dengan Wakil Ketua Komisi III DPR Azis Syamsuddin di Bima, kemarin. Permintaan serupa disampaikan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ridha Saleh, yang saat ini memimpin tim investigasi kasus penembakan pengunjuk rasa blokade jalan menuju Pelabuhan Sape, Bima, yang merenggut tiga nyawa pada Sabtu (24/12) pagi itu. “Pemberhentian sementara tidak akan menyelesaikan persoalan. Bahkan, akan terulang kembali peristiwa yang terjadi baru-baru ini. Kami berharap agar dapat direalisasikan dan itu sudah menjadi harga mati bagi kami,” kata Deni, salah seorang warga, saat dialog di Masjid Arrahman, Rato, Bima, kemarin. Ratusan warga dari dua desa bertetangga itu memadati area masjid dengan tertib. Selain pencabutan SK, mereka juga meminta agar keluarga mereka yang ditahan segera dipulangkan. Hingga kini, Polres Bima masih menahan 38 orang pengunjuk rasa. Awalnya, polisi menangkap 47 orang pengunjuk rasa lalu membebaskan 9 orang di antara mereka. Ridha Saleh juga mendesak pemerintah pusat meninjau kembali izin pertambangan PT SMN di Bima. Meskipun perusahaan itu tidak terkait dengan aturan yang dapat menyebabkan pencabutan izin, tukasnya, konflik yang memanas bisa menjadi alasan kuat pencabutan izin itu. “Situasinya kali ini darurat.

MI/M. IRFAN

Kalau SK tidak dicabut, (konflik) akan semakin memanas.” Ridha Saleh Komisioner Komnas HAM Kalau tidak dicabut, (konik) akan semakin memanas. Kasus ini 100% dipicu izin tersebut,” ujar Ridha saat dihubungi, kemarin. Dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2010 tentang Mineral dan Batu Bara disebutkan, pembatalan SK izin tambang bisa dilakukan jika perusahaan terlibat pidana, mengingkari perjanjian, atau pailit. Ridha menambahkan, pencabutan izin itu sebenarnya telah didukung oleh Bupati Bima Ferry Zulkarnaen dengan syarat mendapatkan persetujuan dari pusat. Ia menambahkan, iktikad baik pemerintah daerah untuk meredam konflik telah dilakukan pada 23 Desember 2011 melalui penerbitan surat pemberhentian sementara izin pertambangan bagi PT SMN untuk jangka waktu satu tahun. Pada bagian lain, pengawas internal Polri telah menetapkan tiga anggotanya melakukan pelanggaran disiplin. “Ketiganya ialah F dari Brimob Polda NTB yang memopor warga, serta F dan S dari Polresta Bima yang memukul dan menendang,” jelas Kadiv Humas Polri Irjen Saud Usman Nasution di Mabes Polri, kemarin. Saud menambahkan, saat ini pengawas internal Polri telah memeriksa 97 anggota dan 18 saksi.(*/X-7) yusuf@mediaindonesia.com

Jahit Mulut demi Pulau Padang KEMARIN merupakan hari ke-10 bagi para demonstran asal Pulau Padang, Kabupaten Meranti, Riau, berkemah di pelataran Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. Berbekal Rp30 juta hasil sumbangan warga, 100 penghuni Pulau Padang itu menggunakan dua bus berangkat ke Jakarta dengan harapan wakil mereka di DPR RI sudi mendengarkan keluhan. Mereka meminta Kementerian Kehutanan mencabut izin SK.327/Menhut 2009 untuk PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) sebesar 41 ribu hektare. Tidak hanya berkemah, mereka juga melakukan aksi jahit mulut. “Sejak 2009 kita menolak RAPP, tetapi tidak diindahkan.

Akhirnya kita memutuskan ke Jakarta, tetapi sudah 10 hari tiada titik temu,” papar Misno, Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Penyelamatan Pulau Padang. Di dalam tenda-tenda kumuh itu terlihat 28 orang dengan mulut terjahit. Kondisi mereka lemah. Bahkan sudah sembilan orang dilarikan ke rumah sakit. Selama 10 hari itu tak ada tanggapan dari anggota dewan. Sebaliknya, mereka kerap dihardik petugas keamanan DPR saat berupaya menggunakan fasilitas umum di gedung rakyat itu. “Untuk mandi, cuci, kakus, kita cari tempat terdekat, entah masjid, rumah makan, atau stasiun. Kolam DPR tidak bisa diandalkan,” jelas Misno.

Di sisi lain, perjuangan Misno dan rekan-rekan pun belum membuahkan hasil. Dengan alasan reses, anggota dewan tidak banyak memberikan perhatian dan dukungan kepada warga Pulau Padang itu. Hingga kini, hanya pernyataan-pernyataan normatif yang mereka peroleh dari anggota dewan. “Mereka ngomong siap membantu menyurati Menhut, DPRD, memberikan harapan, tetapi semua nol besar,” tutur Misno. Muhammad Ridwan, koordinator lapangan aksi jahit mulut, menambahkan, bersamaan dengan aksi jahit mulut itu ada sekitar 5.000 warga yang kini menduduki Kantor Pemerintah Kabupaten Meranti. Mereka

MI/SUSANTO

MASIH BERTAHAN: Pendemo yang melakukan aksi jahit mulut mempertahankan tenda yang akan ambruk saat hujan deras di depan gedung parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin. melakukan aksi solidaritas. “Keadaan masyarakat Pulau Padang mengkhawatirkan. Jika dibiarkan, ini akan menyusul

kasus Bima dan Mesuji. Tolong anggota dewan dan pemerintah perhatikan rakyat,” kata Ridwan. (HZ/X-9)

2

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

Penjarakan MASUKKAN ke penjara saja hakim yang nakal. Mencarriiee Jatti’ddirriie Yg Trtinggall

Reformasi Kehakiman UNTUK menegakkan keadilan, lembaga kehakiman harus direformasi terlebih dahulu karena lembaga ini jadi modal awal buat penegakan hukum di Indonesia. Sebab, walaupun polisi dan jaksanya brengsek, asalkan hakimnya berkualitas jempolan, keadilan pasti bisa diwujudkan. Haerudin Tea

INTERUPSI

Jangan Berharap JANGAN banyak berharap. Kita ikuti saja permainan mereka. Mereka nakal, kita pun nakal. Mereka dagang sapi, kita pun dagang kerbau. Mereka buat kartel, kita pun bentuk kartel sendiri, biar impas. Rocky Bakiki Monoarfa

Perlu Reformasi Lembaga Kehakiman

Harus Ditindak TINDAK dong. Kalau tidak, biarkan rakyat main hakim sendiri. Tirta Ari Nurahman

Saatnya Rakyat Turun

Nakal Juga MUNGKIN yang punya tugas memberantas nakal juga. Belum ketahuan atau tertangkap tangan saja. Christian Rumi

SAATNYA rakyat turun untuk jadi hakim sejati. Kami rakyat sudah tidak butuh polisi, jaksa, dan hakim yang bisa diintervensi. Joyo Abadin

Akan Ditindak

Ditindak

BAGI para hakim yang belum ditindak, tolong bersabar ya. Pasti tuan-tuan mendapat giliran, kok. Arief Irwansyah

DITINDAK saja itu. Inspiring Man

Tata Kelola Buruk

Semua Terlibat

SUDAH seharusnya rakyat Indonesia terbebas dari jeratan ketidakadilan, sebab tata kelola hukum negeri ini amat buruk jika para pemutus keadilan masih bisa diintervensi. Yoga Septian Andhika

SULIT untuk memberantasnya karena semua mempunyai keterlibatan satu sama lain. Betawie Pamoelank Be-p

Beri Sanksi HAKIM adalah simbol penegakan hukum karena setiap orang mencari keadilan kepadanya. Jika terjadi pelanggaran-pelanggaran kode etik yang memengaruhi kredibilitas hakim tersebut, sudah selayaknya diberi sanksi oleh organisasi profesinya, dan dilakukan segera setelah penemuan fakta-fakta penyimpangan kode etik. RhomaRio IndRa PaNe

Bikin Kapok HARUS diterjang tuh hukum yang seperti itu. Biar kapok. UnIe Revi Sweetyheart

Jangan Sia-Sia MUDAH-MUDAHAN bukan sesuatu yang sia-sia dan tidak ada hasilnya. Lumayan anggaran uang rapatnya jika disumbangkan untuk keluarga tidak mampu. Uang rapat itu kan uang rakyat. Mudah-mudahan orang-orang yang bekerja itu bukan orang-orang bodoh dan masa bodoh. Ikyu Stones

Tidak Sepantasnya HARUS segera dìtindak para hakim nakal itu karena hakim sejatinya adalah ujung tombak penegakan hukum. Coba seandainya para hakim berikrar gantung atau hukum mati koruptor, pasti para koruptor sudah pada ketakutan. Apa para hakim mau berikrar seperti itu? Drie Andana

SENO

Hakim Pemeras

KOMISI Yudisial menerima setidaknya 13.281 laporan terkait dengan pelanggaran kode etik dan perilaku hakim sejak lembaga itu berdiri pada Agustus 2005 hingga Desember 2011. Berikut tanggapan pembaca atas berita ‘Hakim Nakal belum Diberantas’ pada halaman Selekta edisi kemarin.

HAKIM nakal? Tidak ada itu, yang ada hakim pemeras. Deddy Maroweng

Jangan Sampai Sia-Sia

Tangkap Pencuri TANGKAP tukang garong duit rakyat. Rona Dealova Blitar

Harus Berani

BANYAK yang campur tangan kasus ini, jadi hambar dan bikin sakit usus. Sang Petualang

KALAU KPK bisa mengungkap kasus Century terus bisa menyeret pelakunya ke penjara, saya selaku masyarakat akan merasa bangga dengan pekerjaan KPK. Kalau tidak bisa mengungkap kasus ini, berarti KPK masih takut dengan pejabat-pejabat yang melindunginya. Jangan takut kepada siapa pun karena rakyat akan mendukungmu. Mencarriiee Jatti’ddirriie Yg Trtinggall

Kumpulkan Semua Bukti

Hentikan Korupsi

AYO kumpulkan semua bukti biar penjahat Century tidak bisa berkelit lagi. Betawie Pamoelank Be-p

KALAU mau Indonesia makmur, pemuda dan pemudi harus pintar menghentikan korupsi. Gunakan anggaran untuk pendidikan. Dengan ilmu, orang akan meraih kebahagiaan rezeki dan sumber penghidupan. ‘Abdun Dk

Banyak Campur Tangan

Terus Semangat BAGUS Pak. Maju terus dan semangat! Tirta Ari Nurahman

Gantung Koruptor BAGAIMANA pun caranya, yang penting segera usut tuntas skandal terbesar di negara ini. Jika perlu kerja sama dengan negara lain untuk menyelesaikannya. Haerudin Tea

MAJU terus KPK, semangat 45, jangan sampai padam. Temukan terus bukti-bukti kejahatan para koruptor. Jangan lupa slogan gantung koruptor harus benar-benar ada. Jangan cuma jadi slogan kosong. Arief Irwansyah

Mencari Jarum

Kacau-balau

BAGAI mencari jarum di tumpukan jerami. Kenthut Solo

NEGARA kacau-balau. Hutagaol Stefanus Samot

Usut Tuntas

MI/SUSANTO

Yang Penting Kemauan DI mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan. Sudah maukah mereka membuka kebenaran kasus ini? Newsome Jo Pardede

Harus Bagaimana? JADI harus bagaimana lagi petugas keamanan? Ada tapi kalau tanpa dukungan masyarakatnya jangan harap rasa aman itu bisa terwujud. Haerudin Tea

Eksekusi Juga DEWAN Perwakilan Rakyat didorong menggunakan hak menyatakan pendapat agar paralel dengan penanganan Komisi Pemberantasan Korupsi. Inilah tanggapan pembaca atas berita ‘KPK Gerilya Cari Bukti Kasus Century’ pada halaman Selekta edisi kemarin.

Potret Transportasi Umum kian Buram

JANGAN gerilya doang, tapi eksekusi sekalian dong. Jufri Suhenda

Berantas Kejahatan MENGAYOMI rakyat jangan setengah-setengah. Berantas tuntas kejahatan sampai bersih. Zicca Ananda Priskilla

Nila Setitik

Kurang Profesional

KARENA nila setitik, rusak susu sebelanga. Tutut Oktavia

MASIH kurang profesional para pejabatnya dan harus lebih ditingkatkan kinerjanya. Fardye G Bastian

Enggak Becus PEMERINTAHANNYA enggak becus dong. Frans Liando

Sopir Tembak PERBAIKI sistem perekrutan sopir angkot. Sekarang masih banyak ditemui sopir tembak yang tidak melalui mekanisme maupun prosedur yang berlaku. Asal menjadi sopir saja, belum tentu punya SIM. Sodiqq Fajar

SIM Mudah SEHARUSNYA polisi tidak dengan mudah mengeluarkan SIM untuk mobil. Sudah saatnya pengeluaran SIM umum harus dengan rekomendasi dari perusahaan angkutan yang merekrutnya. Tidak semua orang bisa memilikinya. Semar Cupuning Alam

Benahi Transportasi

ANTARA/REZA FITRIYANTO

PENUMPANG resah naik angkutan umum tidak aman. Pelaku utama pemerkosa Ros dibekuk di Medan. Berikut tanggapan pembaca atas berita ‘Pemprov DKI belum Mampu Beri Rasa Aman’ pada halaman Megapolitan edisi kemarin.

SALAH satu permasalahan di Ibu kota ini yang juga harus jadi pertimbangan Pemda DKI, yaitu masalah transportasi yang semakin amburadul. UndangUndang Transportasi yang dilanggar dan semakin berantakannya manajemen operator angkutan umum akan semakin memburamkan potret transportasi umum di Jakarta. Dan hal itu akan semakin jauh dari impian warga Jakarta, yaitu memiliki transportasi umum yang aman, nyaman, dan bisa diandalkan sebagai pengganti kendaraan pribadi. Wisnu Wibowo

P OLKAM

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

3

Aktivis Sebut 2011 sebagai Tahun Penyangkalan HAM TAHUN 2011 dinilai sebagai tahun penyangkalan pemerintahan SBY atas tindak kekerasan dan pelanggaran HAM yang terjadi. Jika hal ini terus berlangsung pada 2012, bukan tidak mungkin akan terjadi revolusi sosial. “Tidak satu pun janji yang direalisasikan. Menurut saya inilah tahun kebohongan,” kata aktivis HAM Usman Hamid saat ditemui di kantor Kontras, Jakarta, kemarin. Dia memaparkan, pertama, banyak kasus termasuk kasus yang dihilangkan secara paksa dan tidak ada satu pun yang diselesaikan. Jika dibandingkan dengan rezim pasca-Soeharto, rezim SBY memiliki catatan HAM terburuk. “Tidak satu pun pengadilan HAM dilakukan. Tidak ada inisiatif ke arah sana. Padahal pelanggaran HAM terus terjadi, namun ia (SBY) terus menyangkal tidak ada pelanggaran HAM,” ujar Usman.

Kedua, Presiden dinilai tidak mau memerintahkan Jaksa Agung untuk menindaklanjuti sejumlah kasus yang berkasnya ada di kejaksaan, mulai dari Lampung, Semanggi, Trisakti, hingga penculikan aktivis. “Ia seharusnya memerintahkan Jaksa Agung. Justru memerintahkan Menko Polhukam untuk membentuk tim,” ungkap Usman. Ketiga adalah kekecewaan pada pemerintahan SBY yang sama sekali tidak bergerak. “Mengapa pelanggaran HAM di Mesuji, Bima, dan Papua terus terjadi? Karena kasus pelanggaran HAM di masa lalu tidak pernah terselesaikan,” tukasnya. Oleh karena itu, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (Kontras) mendesak SBY menjalankan komitmen politik untuk menyelesaikan kasus pelanggaran berat HAM di masa lalu. “Pemerintah masih menolak

pertanggungjawaban pelanggaran HAM di masa lalu dengan terus-menerus mengingkari Konstitusi (UUD 1945),” jelas Wakil Koordinator Kontras Indria kemarin. Akibatnya, berbagai kasus pelanggaran HAM yang berat seperti Trisakti, Semanggi I dan II (1998 dan 1999), Mei 1998, penculikan dan penghilangan orang secara paksa 1997-1998, Talangsari 1989 dan WasiorWamena, Papua (2001 dan 2003) mandek di Kejaksaan Agung. Kontras akan terus mendesak pemerintah untuk memastikan adanya proses hukum yang adil terkait semua pelanggaran berat HAM di masa lalu. “Selama tidak ada hasil yang signifikan, saya kalau boleh mimpi ingin punya presiden seperti Soekarno,” tutur Asih Widodo, orang tua Sigit Prasetyo, aktivis Universitas Trisakti yang tewas dalam peristiwa Semanggi pada 1998. (*/*/X-15)

ANTARA/RENO ESNIR

KECEWA PEMERINTAH: Sejumlah korban penculikan dan pelanggaran HAM saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait pesan akhir tahun korban HAM di Kantor Kontras, Jakarta, kemarin. Para korban pelanggaran HAM tersebut menyatakan kekecewaan mereka terhadap pemerintah yang dinilai tak kunjung menjalankan komitmen politik untuk menyelesaikan pelanggaran HAM di masa lalu.

Satgas Dilarang Rangkap Jabatan Keberadaan Satgas Pemberantasan Mafia Hukum patut dilanjutkan pada 2012. Butuh sejumlah perbaikan. ARYO BHAWONO

S

ATUAN Tugas (Satgas) Pemberantasan Maa Hukum (PMH) dituntut meng ubah format keanggotaan. Ke depan anggota satgas harus bekerja penuh atau dilarang merangkap jabatan. “Jadi, harus full time job, jangan nyambi,” kata anggota tim ahli independen Siti Zuhro, kemarin. Tim bentukan satgas tersebut bertugas memberikan penilaian

terhadap keberlanjutan satuan yang masa tugasnya berakhir hari ini, 30 Desember. Rangkap jabatan anggota satgas dinilai berisiko mengganggu konsentrasi kerja. Apalagi rangkap jabatan dengan instansi tertentu memiliki risiko terhadap objektivitas. Siti mencontohkan rangkap jabatan Sekretaris Satgas PMH Denny Indrayana yang juga menduduki posisi Wakil Menteri Hukum dan HAM, Staf Khusus Presiden Bidang Hukum, HAM, dan Pembe-

rantasan Korupsi serta Ketua Tim Gabungan Pencari Fakta Kasus Mesuji. Selain itu, tim assessment menyarankan agar satgas membatasi diri pada wilayah eksekutif. Satgas merupakan lembaga bentukan Presiden yang berkonsentrasi pada perbaikan sistem. Tim assessment telah melakukan wawancara dan mengadakan focus group discusion (FGD) dengan 20 orang yang menjadi representasi dari praktisi hukum, penegak hukum, intelektual, dan aktivis LSM. Selain itu, tim ahli independen menyarankan penggantian keanggotaan satgas. Jika keberadaan satgas terus berlanjut, harus lebih fokus

dua tahun silam tersebut. “Hasil interview dan FGD sebagian besar meminta satgas diteruskan, tetapi dengan format baru,” ujarnya lebih lanjut.

MI/SUSANTO

Siti Zuhro Anggota tim ahli independen pada permasalahan di wilayah eksekutif. Lebih lanjut Siti Zuhro mengungkapkan telah menggelar serangkaian diskusi dengan beberapa kelompok untuk memberikan pandangan terhadap satuan yang dibentuk presiden

Minim dukungan Dalam menanggapi hal tersebut, Ketua Satgas PMH Kuntoro Mangkusubroto sependapat dengan hasil kerja tim ahli independen yang meminta agar keberadaan satgas dipertahankan. Kuntoro menyatakan beberapa kasus yang ditemukan layak ditindaklanjuti untuk perbaikan sistem. “Sebaiknya dilanjutkan. Akan tetapi, keputusan tetap ada di tangan Presiden,” ungkapnya.

Anggota satgas lainnya, Darmono, mengakui masih ada sejumlah kekurangan di lembaga tersebut. Jika berlanjut tentu akan ada perbaikan yang harus dilakukan. “Tentu ada upaya ke depan untuk melakukan upaya perbaikan di samping koreksi,” jelasnya. Satgas PMH telah menerima 5.000 pengaduan masyarakat. Sebanyak 4.401 (89%) di antaranya telah dipelajari. Namun, dari 163 surat yang dilayangkan ke instansi terkait, hanya 73 instansi yang memberikan tanggapan. Menurut Sekretaris Satgas PMH Denny Indrayana, pihaknya memang lebih fokus pada perbaikan sistem.

“Memang ada laporan yang dilanjutkan karena kuat sekali. Tetapi tugas satgas berkonsentrasi pada perbaikan sistem,” jelas Denny. Sebelumnya Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Komaruddin Hidayat mengkritik keberadaan satgas yang dinilainya sangat mengecewakan. “Saya kecewa. Itu ibarat tukang ronda, mestinya pada takut maling-maling. Pertama, maling yang ketangkap lalu menjadi takut. Ini sudah enggak ketangkap, malah pada berani,” katanya (Media Indonesia 9/12). (Hil/X-15) bhawono @mediaindonesia.com

Parlemen Sebaiknya hanya Miliki Dua Fraksi SISTEM pemerintahan yang diadopsi Indonesia masih banci. Kendati dalam konstitusi kita menganut sistem presidensial, parlemen memegang peranan dalam keputusan strategis eksekutif. Oleh karena itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengusulkan perlunya penyederhanaan parlemen terkait dengan pembentukan fraksi. “Ke depan di DPR hanya ada dua fraksi. Fraksi koalisi pemerintah dan fraksi koalisi oposisi,” kata Muhaimin di sela-sela acara refleksi akhir tahun di Kantor DPP PKB, Jakarta, kemarin.

DIPERIKSA KPK: Musikus Erwin Gutawa memberikan keterangan seusai diperiksa KPK sebagai saksi di Gedung KPK, Jakarta, kemarin. Erwin diperiksa terkait kasus dugaan korupsi penggunaan anggaran Kesekjenan Departemen Luar Negeri 2004-2005.

MI/ANGGA YUNIAR

MI/ROMMY PUJIANTO

KPU Harus Tutup Ruang Intervensi BANYAKNYA ruang intervensi kepentingan yang terbuka di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai menjadi akar permasalahan dalam pemilu. “Ini menyebabkan penyelenggara pemilu menjadi tidak profesional,” ungkap Koordinator Komite Pemilih Indonesia (Tepi) Jeirry Sumampouw, dalam diskusi dan evaluasi akhir tahun bertajuk Menjemput Pemilu Mandiri di Jakarta, kemarin. Menurut dia, dalam seluruh proses penyelenggaraan pemilu, KPU sangat berperan dalam memberikan ruang informasi bagi publik. Namun pada pemilu-pemilu sebelumnya, ruang informasi untuk publik

justru ditutup oleh KPU. Banyak proses yang bisa terbuka ke publik, tetapi ditutupi. “Kalau proses seleksi salah, pemilu akan mudah dikendalikan oleh negara,” ujar Jeirry sekaligus mengingatkan tim seleksi KPU dan Bawaslu yang dibentuk pemerintah untuk tidak salah memilih dan menjaring calon anggota KPU. Dia berharap penyelenggara pemilu ke depan harus lebih independen. Tidak boleh ada campur tangan partai politik ataupun celah-celah lainnya yang membuka peluang intervensi. Karena itulah, tambahnya, KPU saat ini seharusnya sudah mulai proses awal persiapan

Pemilu 2014 mendatang. Persiapan ini tidak perlu menunggu para komisioner KPU yang baru terpilih. Dia juga mengusulkan agar penyelenggaraan pemilu harus dilakukan secara mandiri dan tidak menggunakan dana asing. Anggaran untuk penyelenggaraan pemilu cukup dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN). “Tidak perlu menggunakan dana dari luar (asing). Apalagi, kalau dana tersebut diberikan kepada penyelenggara pemilu,” cetusnya. Dia menilai terlalu banyak penggunaan dana yang overlapping pada pemilu lalu, yakni didanai negara dan pihak asing

sehingga waktu penyelenggara pemilu dihabiskan untuk mengurusi program-program yang diinginkan oleh lembaga asing penyumbang dana. “Karena dana bantuan asing sudah masuk, jadi harus mereka jalankan juga program kegiatannya. Waktu jadi habis untuk hal yang tidak semestinya,” papar dia. Apalagi, tambahnya, terjadi perubahan pola terhadap program bantuan asing untuk pemilu. Jika dulu dana ini digunakan untuk membantu masyarakat, dan sebagai fungsi kontrol pelaksanaan pemilu, bantuan sekarang banyak justru banyak diserap oleh KPU dan Bawaslu. (Wta/P-4)

Tidak seperti sekarang, bikin undang-undang saja membutuhkan waktu, membutuhkan lobi, membutuhkan energi.” Muhaimin Iskandar Ketua Umum PKB Dia berharap kebijakan tersebut segera diterapkan pada parlemen hasil Pemilu 2014. Muhaimin menilai banyaknya dinamika di parlemen atau manuver partai koalisi yang tidak selalu mendukung kebijakan eksekutif membuat pemerintahan tidak berjalan efektif. “Bagaimana dalam memutuskan sebuah kebijakan, kami harus melobi setiap fraksi yang sangat memakan waktu,” ujarnya. Dengan usulan seperti itu nanti tidak ada lagi fraksi yang mewakili setiap parpol. Partai

HAUL GUS DUR: (Dari kiri) Pengamat politik Yudi Latief, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, Pengasuh PP Soko Tunggal Rawamangun KH Nuril Arifin, dan tokoh lintas agama Katolik Franz Suseno dalam acara Catatan Akhir Tahun 2011 dan Haul Ke-2 Gus Dur di Jakarta, kemarin. politik yang duduk di parlemen boleh memilih, koalisi atau oposisi. Dengan komposisi seperti itu, koalisi oposisi yang ada bukanlah oposisi palsu. Begitu juga koalisi pendukung pemerintahan juga merupakan koalisi yang sungguh-sungguh. “Tidak seperti sekarang, bikin undang-undang saja membutuhkan waktu, membutuhkan lobi, membutuhkan energi. Kelamaan. Padahal besok pagi rakyat membutuhkan UU gara-gara berbelit-belitnya proses komunikasi antarfraksi yang terlalu banyak,” ungkapnya. PKB masih akan melihat apakah akan masuk fraksi oposisi atau partai pemerintah. Mulai sekarang PKB serius melakukan analisis agar posisinya jelas.

“Saya melihat koalisi masih palsu-palsuan, bukan sesungguhnya lahir batin. Koalisi itu untuk rakyat, oposisi juga untuk rakyat, tidak ada koalisi yang hanya untuk kekuasaan, tetapi untuk rakyat,” jelas Muhaimin yang juga menjabat Menakertrans. Dari pengalamannya selama menjadi anggota dewan, dalam membuat UU ia harus melobi fraksi satu demi satu agar berjalan lancar. Begitu sampai di paripurna, hanya karena ingin populer, batal. Banyak sekali UU yang mandek garagara tidak efektifnya cara kerja parlemen. “Saya berharap secepatnya, namun perlu diusulkan dalam revisi UU. Biar pemerintahan tidak banci, presidensial tapi semiparlementer,” kata Muhaimin. (Mad/X-15)

4

P OLKAM

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

DPR cuma Bisa Kecewakan Rakyat Malas menjadi penyakit kronis stadium empat yang sudah sulit disembuhkan di DPR. TEGUH NIRWAHYUDI

T

IDAK ada yang bisa dibanggakan dari kinerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di tahun ini. Baik dari segi perilaku maupun produktivitas, secara keseluruhan para wakil rakyat hanya menyuguhkan kekecewaan sepanjang tahun 2011. Demikian kesimpulan Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang di kantornya, Jakarta, kemarin. “Tahun ini DPR tidak memberikan optimisme kepada masyarakat, baik dari kinerja, perilaku, maupun sudut pandang mereka terhadap masyarakat. Ini tahun yang buruk bagi DPR,” kata Sebastian.

MI/M IRFAN

Sebastian Salang Koordinator Formappi Parameter yang secara gamblang dapat dilihat masyarakat, sambungnya, ialah penyakit malas yang tak kunjung sembuh diderita sebagian besar wakil rakyat. Dalam catatannya, sejak dilantik pada 2009, rata-rata tingkat kehadiran anggota dewan secara keseluruhan masih di bawah 50%. “Bagaimana bisa membuat UU berkualitas kalau mereka malas. Tingkat kehadiran secara keseluruhan masih di bawah 50%. Padahal, pemilu masih lama, bagaimana kalau nanti menjelang pemilu?” kata Sebastian. Perilaku malas itu, menurutnya, berkorelasi dengan produk legislasi yang dihasilkan oleh DPR. Pada tahun 2011, target pembahasan RUU oleh parlemen sebanyak 70 RUU, ditambah 23 RUU yang tak terselesaikan di 2011. “Dari total 93 RUU yang ditargetkan, hanya 21 RUU yang disahkan. Artinya, itu cuma 14% dari target,” ujarnya. Padahal dari segi pendanaan, biaya legislasi yang dida-

pat DPR untuk pembahasan sebuah RUU terus meningkat. Tahun 2010 anggaran legislasi di DPR sebesar Rp5,6 miliar, sedangkan tahun ini, satu RUU menghabiskan uang rakyat Rp6,6 miliar. “Kalau ditambah dengan pengeluaran dari pemerintah sebesar Rp4,6 miliar, artinya perlu Rp11 miliar untuk satu RUU. Kalau anggaran sudah sangat besar, mestinya kualitas yang dihasilkan bagus,” ucap Sebastian. Ia mengatakan, pada tahun 1999 biaya legislasi hanya sebesar Rp300 juta. “Kualitas UU yang dihasilkannya (pada 1999) juga tidak kalah dengan sekarang,” ujarnya. Jika mau dibandingkan, sambungnya, UU yang baru disahkan sepanjang 2011 banyak yang menimbulkan polemik. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya gugatan terhadap UU yang baru saja disahkan ke Mahkamah Konstitusi, misalnya UU No 15/2011 tentang Penyelenggara Pemilu. Masih soal kualitas UU yang dihasilkan, lanjutnya, banyak produk legislasi DPR yang ternyata tidak sejalan dengan rencana strategis pembangunan yang dibuat pemerintah. “Yang dilakukan oleh DPR ternyata berbeda dengan rencana strategis pemerintah dalam rencana pembangunan satu tahun. Ini sesuatu yang sangat merisaukan dari sisi perencanaan pembangunan ke depan,” ujarnya. Bikin blunder Dalam penilaiannya, buruknya wajah DPR itu tak bisa dilepaskan dari gur ketuanya, Marzuki Alie. Politikus dari Partai Demokrat itu dinilainya kerap membuat masalah sendiri sehingga kedisiplinan, manajemen, dan kualitas kerja DPR secara keseluruhan berantakan. “Kedisiplinan dan manajemen kerja di DPR sangat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan. Dalam tahun 2011 ini, Ketua DPR banyak melakukan blunder. Blunder ini memengaruhi citra DPR,” ujar Sebastian. Menurutnya, setiap kali Marzuki mengeluarkan pernyataan, seketika itu pula publik menjadi waswas karena pernyataannya yang kerap kontroversial. (*/P-2) teguh@mediaindonesia.com

ANTARA/ERIC IRENG

TERJUN STATIS: Prajurit Korps Marinir memasuki pesawat CASA NC212 dari Skuadron Udara 600 Wing Udara-1 Puspenerbal, untuk melakukan penerjunan statis di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, kemarin. Penerjunan 70 prajurit Korps Marinir tersebut dalam rangka Latihan Kesenjataan Terpadu dan Pemantapan Brigade Pendarat Marinir.

Nunun Pertemukan 4 Politikus Senayan ke Miranda TERSANGKA kasus dugaan suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Nunun Nurbaeti mengaku pernah mempertemukan empat mantan anggota DPR periode 1999-2004 dengan Miranda S Goeltom. “Saat itu, MG (Miranda Goeltom) dikenalkan ke Endin Soehara, Udju Djuhaeri, Hamka Yandhu, dan Pak Paskah Suzetta,” kata Mulyaharja, kuasa hukum Nunun, saat dihubungi wartawan, kemarin. Hal itu, sambungnya, telah disampaikan kliennya ke penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada pemeriksaan Selasa (27/12) lalu. Ia mengatakan semua mantan politikus Senayan itu dikenalkan langsung oleh Nunun kepada

Miranda yang akhirnya terpilih menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia tahun 2004 tersebut. “Hanya kalau Udju, Ibu Nunun cuma kasih nomor telepon saja kepada MG,” imbuhnya. Saat ditemui di kantornya, Ketua KPK Abraham Samad memastikan pihaknya akan menguji silang keterangan Nunun tersebut ke para mantan anggota DPR yang disebutnya itu. “Kita akan menggali dulu. Yang jelas kita tidak akan berhenti pada keterangan Ibu Nunun saja,” kata Abraham, kemarin. Ia juga memastikan pihaknya akan terus mencari siapa sesungguhnya yang menjadi pemberi uang dalam kasus suap lewat cek pelawat itu. Dalam menanggapi kasus

yang berulang kali memaksanya hadir di KPK untuk diperiksa, mantan Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia (BI) Miranda S Goeltom hanya menebar senyum kepada wartawan yang terus mencecarnya. Saat ditemui di acara pelantikan Deputi Gubernur BI Ronald Waas dan Muliaman Hadad di Gedung Mahkamah Agung (MA) Jakarta, kemarin, sosialita ini mengatakan, “Selamat tahun baru.” Ketika ditanya apakah ucapan tersebut juga ditujukan untuk Nunun Nurbaeti, Guru Besar FE UI itu hanya berujar singkat, “Untuk semuanya saja.” Ia seraya bergegas dan tidak memedulikan hujanan pertanyaan yang diajukan wartawan. (Che/*/P-2)

Pembahasan RUU Desa Harus Hati-Hati PEMBAHASAN RUU Desa masih berlarut. Hingga kini pemerintah belum juga menyerahkan amanat presiden (ampres) ke DPR untuk memulai pembahasan RUU tersebut bersama DPR. Ribuan kepala desa yang bergabung dalam Parade Nusantara berdemonstrasi di DPR maupun Istana Presiden beberapa waktu lalu mendesak Presiden segera menerbitkan ampres agar pembahasan RUU Desa segera dimulai. Fraksi-fraksi di DPR mulai mewanti-wanti soal pembahasan RUU Desa itu. Ketua DPP PPP Achmad Farial mengingatkan agar pemerintah dan DPR berhati-hati dalam membahas RUU tersebut.

Dia menegaskan bahwa harus diingat otonomi daerah hanya sampai di tingkat II, yakni kabupaten/kota. Di lain hal, desa adalah bagian dari kabupaten/ kota. Karena itu harus dihindari agar pengaturan mengenai desa tidak menjadikan desa seolaholah sebagai daerah otonomi tingkat III. Mengenai adanya tuntutan kepala desa agar dalam RUU Desa jelas disebutkan pemerintah pusat mengguyur dana sebesar Rp1 miliar untuk setiap desa yang bersumber dari APBN, juga diingatkan agar dipertimbangkan secara matang. Jika dana desa Rp1 miliar tersebut disetujui, kata Fahrial yang juga Wakil Ketua Komisi

DINAMIKA Ani Yudhoyono Menderita Tifus DOKTER Kepresidenan Brigjen Aris Wibudi mengungkapkan Ani Yudhoyono mengidap demam tifoid yang disebabkan oleh tifus. “Ya, demam tifoid. Tahu penyakit tifus? Iya itu,” ujarnya ketika ditemui di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta, kemarin. Namun, ia memastikan kondisi Ibu Negara terus membaik. “Saat ini kondisinya masih demam, hilang timbul, tetapi secara klinis menunjukkan perbaikan yang berarti,” ujarnya. Ani Yudhoyono dirawat di RSPAD Gatot Subroto sejak Selasa (27/12). Berdasarkan penelusuran di Wikipedia, penyakit itu disebarkan melalui makanan dan minuman. Penderita tifoid akan mengalami gejala demam tinggi dari 39° sampai 40°C yang meningkat secara perlahan. (Yoi/P-2)

Dua Politikus PDIP Dilantik Ketua DPR KEMARIN, Ketua DPR Marzuki Alie resmi melantik dua anggota DPR baru dari Fraksi PDIP, yakni Erwin Singajuru dari daerah pemilihan (dapil) Sumatra Selatan dan Sayed Muhammad dari dapil Jawa Timur V. Erwin menggantikan terpidana kasus cek pelawat Dudhie Makmun Murod, sedangkan Sayed menggantikan Gayus Lumbuun yang kini menjabat sebagai Hakim Agung. Saat melantik, Ketua DPR menyarankan para anggota DPR yang baru mempelajari UU yang terkait dengan pekerjaan mereka. “Agar mempelajari UU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD agar dapat melaksanakan tugas dengan baik,” kata Marzuki di Gedung DPR. (*/P-2)

Masih Terbuka Perombakan Kabinet

VII DPR itu, anggaran negara akan membengkak bahkan bisa membangkrutkan negara. Hal lain yang harus diingat dalam pembahasan RUU Desa adalah kondisi desa yang tidak sama sehingga pola pembangunan tidak bisa diseragamkan. Mengenai tuntutan agar perangkat desa diangkat menjadi PNS karena sekretaris desa sudah PNS akan menambah beban anggaran negara dan membuat birokrasi semakin gemuk. Dengan jumlah PNS sekitar 4 juta saat ini, beban anggaran sudah berat. Selain itu, birokrasi tidak efektif. Jika perangkat desa juga menjadi PNS, Indonesia benar-benar akan menjadi ‘negara pegawai’. (*/P-2)

SEKRETARIS Kabinet Dipo Alam menegaskan evaluasi kabinet dan kemungkinan untuk dilakukannya perombakan kabinet masih terbuka. Untuk itu, ia meminta para menteri terus memperbaiki kinerja dan yang akan mengawasi tidak hanya Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), tetapi juga dirinya sebagai seskab yang ikut bertanggung jawab dalam manajemen kabinet. Dipo mengatakan, beberapa hal yang disoroti dirinya dari kinerja para menteri, terkait minimnya respons menteri untuk meluruskan dan menjelaskan isu yang berkembang di publik. (Mad/P-2)

Vonis Hari Sabarno Ditunda MAJELIS hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) kemarin menunda pembacaan vonis terhadap mantan Mendagri Hari Sabarno. “Kami bacakan minggu depan, tanggal 5 Januari pukul 09.00 WIB,” kata Ketua Majelis Hakim Suhartoyo dalam persidangan di pengadilan tipikor kemarin. Alasannya karena beberapa anggota majelis masih cuti. Majelis hakim terdiri dari Ugo (hakim adhoc) , Anwar (hakim adhoc), Pangeran Napitupulu, dan Sujatmiko. Hingga pukul 10.30 persidangan tidak kunjung dimulai, sedangkan Hari Sabarno telah hadir di pengadilan sejak pukul 09.00 dengan mengenakan kemeja batik cokelat. (*/X-15)

TGPF Periksa Tiga Perusahaan yang Beroperasi di Mesuji TIM Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kasus Mesuji akan memanggil tiga perusahaan yang beroperasi di sekitar wilayah Mesuji. Ketua TGPF Mesuji Denny Indrayana mengungkapkan pihaknya telah melayangkan surat panggilan ke tiga perusahaan tersebut terkait dengan dugaan pelanggaran HAM di Mesuji. Ketiga perusahaan tersebut, yakni PT Silva Inhutani dari Register 45 Lampung, PT Barat Selatan Makmur Investindo (BSMI) dari Desa Sri Tanjung Lampung, dan PT Sumber Wangi Alam (SWA) dari Desa Sodong Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan. “Besok pagi sampai menjelang tengah hari, mereka akan kami panggil di tim,” ujar Ketua TGPF Mesuji Denny Indrayana, di Jakarta, kemarin. Tidak cuma tiga perusahaan

itu, sambungnya, berbagai pihak pembuat kebijakan di Mesuji seperti pihak perkebunan, kehutanan, dan kepolisian, juga akan diperiksa TGPF Kasus Mesuji. Sejauh ini tim baru dapat menemukan adanya beberapa kejanggalan dalam rekaman video kasus Mesuji yang telah beredar luas di masyarakat. Kejanggalan itu berupa pengakuan warga Desa Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten OKI, Sumatra Selatan, yang menyebutkan beberapa bagian dari video itu tidak pernah terjadi. “Saya ke TKP (tempat kejadian perkara) di Sodong. Truk yang kapnya merah seperti di dalam rekaman video, saya lihat. Namun, yang pas rekaman kejadian sadis, masyarakat di sana mengatakan itu bukan di Sodong,” jelasnya. Hingga kini, sambungnya, TGPF masih menggali informasi.

ANTARA/NILA FU’ADI

KONFLIK LAHAN: Ribuan petani dari Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin serta warga Mesuji berunjuk rasa dengan membawa baliho dan poster menuntut Pemprov Sumatra Selatan segera menyelesaikan sejumlah konflik lahan di Palembang, beberapa waktu lalu.

Pihaknya belum bisa memastikan jumlah korban sesungguhnya dalam kasus Mesuji, baik di Sumatra Selatan maupun Lampung. Menurut rencana, TGPF akan menyampaikan kesimpulan mereka kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pertengahan Januari 2012. Di Solo, Jawa Tengah, pendamping korban kasus Mesuji, Mayjen TNI (Purn) Saurip Kadi menyatakan dukungannya atas rencana pembentukan panitia khusus oleh DPR guna pengusutan tuntas kasus tersebut. “Pembentukan pansus masih belum terlambat. Kami paham bahwa saat ini merupakan masa reses yang tengah dijalani para anggota dewan dan pansus akan mulai bekerja setelah masa reses berakhir,” ujarnya kemarin. Ia menyatakan optimistis pansus tersebut akan bekerja secara

optimal untuk menuju penyelesaian kasus itu. “Kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia di Mesuji itu berangkat dari pemihakan yang tidak bertumpu pada kepentingan rakyat dan saya harus optimistis dengan langkah pembentukan pansus oleh DPR yang akan mengambil kebijakan dasar yang berpihak kepada masyarakat,” jelasnya. Ia berharap pembentukan pansus itu tidak hanya untuk menyelesaikan kasus di Mesuji, tapi menyentuh permasalahan pelanggaran HAM lainnya seperti di Bima, Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan data yang dikumpulkan tim independen yang dipimpinnya di lapangan, menurutnya, sebanyak 30 warga meninggal dunia dalam kasus Mesuji di delapan lokasi di Lampung dan Sumatra Selatan. (Yoi/P-2)

P OLKAM

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

5

Parpol Koalisi sudah Siapkan Pengganti SBY PEMBUKAAN HALAQOH: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD saat menghadiri pembukaan Halaqoh dan Bahtsul Masail Kiai Muda di Ponpes Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, Jawa Timur, kemarin. ANTARA/SYAIFUL ARIF

Pembelaan terhadap TKI Terhambat SATUAN tugas penanganan kasus tenaga kerja dan warga negara Indonesia (TKI/WNI) di luar negeri belum bisa melanjutkan perundingan terkait perjanjian perlindungan terhadap TKI/WNI di Malaysia. Satgas baru akan melanjutkan perundingan bila sudah mendapatkan advokat lokal yang memiliki komitmen kuat membela TKI/WNI yang mengalami kesulitan hukum. Demikian diungkapkan juru bicara dan advokasi hukum bantuan litigasi satgas Humphrey Djemat kepada Media Indonesia, kemarin. Dia mengakui perundingan

antara satgas WNI/TKI dan Sebastian Cha, pengacara Malaysia untuk WNI/TKI di Kuala Lumpur, menemui jalan buntu. Perundingan terakhir dilakukan Jumat siang (16/12), di Kuala Lumpur, Malaysia. “Pihak lawyer Malaysia tidak bisa menerima kondisi-kondisi yang ditawarkan oleh pihak Indonesia,” ungkapnya. Humphrey menyebutkan, kondisi yang tidak bisa disepakati adalah term of contract, amount of payment, dan skema pembayaran. Padahal, tambahnya, sesuai aturan tim dari kedutaan besar Indonesia di Malaysia, pihak kementerian

luar negeri dan satgas TKI sudah berusaha eksibel. Karena tidak ada titik temu, akhirnya para pihak memilih untuk tidak melanjutkan perundingan. Humphrey menilai bahwa pengacara Malaysia tidak eksibel. Karena itulah, dia menyarankan sebaiknya perundingan tidak dilanjutkan karena dikhawatirkan akan merugikan kepentingan perlindungan TKI/WNI. Tim satgas WNI/TKI memberikan saran kepada perwakilan Indonesia untuk Malaysia agar dapat segera memulai kembali proses penyediaan pengacara

dan mencari advokat yang lebih tepat dengan kepentingan perundingan. “Walaupun perundingan waktu itu gagal, satgas WNI/ TKI akan bekerja lebih keras lagi. Asalkan terpilih pengacara tetap di Malaysia,” cetusnya. Dia menilai, saat ini infrastruktur pemilihan pengacara di Malaysia sudah siap. Mulai dari sistem penyeleksian, kriteria pengacara tetapnya, kontrak, dan pendanaannya. “Sudah jadi tekad kita untuk memiliki pengacara tetap dan yang terbaik bagi kepentingan WNI/TKI,” pungkas Humphrey. (*/P-4)

Hatta Rajasa dinilai tepat karena sudah berpengalaman menjadi Menristek, Menhub, Mensesneg, dan Menko Perekonomian. NURULIA JUWITA

P

ARTAI-PARTAI koalisi sudah mulai memunculkan nama calon pre siden pengganti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang sudah tidak mungkin lagi menjadi presiden untuk periode ketiga. Wakil Ketua Umum DPP PAN Dradjad Wibowo menilai Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa, yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian memiliki peluang lebih besar daripada kandidat presiden lainnya. Parameternya, ungkap Dradjad, karena lawan yang akan dihadapi Hatta pada Pemilihan Presiden 2014 tidak ada yang populis dan sekuat SBY. Dia menyebutkan, kegagalan Ketua Umum Partai Golkar ketika itu, Jusuf Kalla, dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada Pemilihan Presiden 2009 lebih karena mereka berhadapan dengan SBY yang populis dan petahana. “Sekarang Pak Hatta tidak berhadapan dengan incumbent,” cetus Dradjad di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, kemarin. Selain itu, ungkapnya, Hatta adalah sosok yang sudah ber-

pengalaman di pemerintahan. Hatta pernah menjadi menteri riset dan teknologi, menteri perhubungan, dan menteri sekretaris negara. “Pencalonan Hatta sudah tetap, tak akan berubah sama sekali. PAN akan mencalonkan capres sendiri dan tidak akan bergantung pada partai lain,” tegas Dradjad. Terpisah, Wakil Ketua Umum DPP PPP Lukman Hakim Syaifuddin menyebutkan, PPP akan mengusung Ketua Umum PPP Suryadharma Ali sebagai calon presiden pada 2014. Selain itu, PPP melirik tokoh muda nasional untuk diusung sebagai calon presiden. Tokoh muda itu yakni Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, Ketua PP Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. “Kalangan muda itu tidak memiliki beban masa lalu. Sudah lama kita jatuh hati pada Anies. Kapasitasnya mumpuni dan banyak hal positif di dirinya. Ada juga tokoh perempuan Khofifah dan beberapa nama yang terus kita amati.” Sebelumnya, beberapa partai politik sudah mengusulkan ketua umumnya sebagai calon

presiden. Antara lain, Partai Golkar mengusulkan Aburizal Bakrie, Partai Hanura mengusung Wiranto, dan Partai Ge rindra mengusung Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto. Muda dan energik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat ini belum memikirkan calon presiden untuk 2014 meski sejumlah partai lain sudah mulai memunculkan nama-nama yang akan mereka jagokan. “Soal capres, PKB belum memikirkan. Nanti menjelang pemilu akan kami rumuskan di musyawarah kerja nasional,” kata Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar di sela-sela acara Catatan Akhir Tahun 2011 dan Haul ke-2 KH Abdurrahman Wahid di kantor DPP PKB, Jakarta, kemarin. Meski demikian, kata dia, PKB ingin calon presiden mendatang berusia lebih muda dan lebih energik. “Kami belum punya kriteria, tapi ingin menampilkan yang lebih muda dan energik. Kami juga belum mengarah kepada nama yang akan dicalonkan,” ungkapnya. (*/Ant/P-4) nurulia@mediaindonesia.com

M EGAPOLITAN

6

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

Sabu dari Iran di Dalam Pigura Lukisan Polisi menggagalkan distribusi narkoba dari Iran dan Malaysia untuk pasokan pesta Tahun Baru di Jakarta, Surabaya, Bali, Bandung, dan Semarang. ARIES WIJAKSENA

D

IREKTORAT Reserse Narkoba Pol da Metro Jaya menggagalkan upaya peredaran narkotika dan obat-obatan berbahaya yang dilakukan jaringan internasional. Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Komisaris Besar Nugroho Aji Wijayanto mengatakan pihaknya menangkap sembilan orang dari berbagai bangsa dalam operasi kepolisian yang dilakukan pada kurun 18-28 Desember 2011 di Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Cirebon. Kesembilan tersangka itu berinisial BTR, MHD, INT, PPI, IT, DK, ML, BDI, dan THS. Sebagai barang bukti, polisi menyita 16,3 kg sabu, 7 ons heroin, 6.300 butir pil ekstasi, 7 ponsel, sebuah truk BL 9154 A, 4 papan kayu berlapis lukisan yang digunakan untuk menyimpan sabu, 2 kain sari, dan 2 tas. “Keseluruhan barang bukti ini memiliki nilai Rp28,9 miliar,” ujar Nugroho saat menggelar hasil operasi tersebut di hadapan para wartawan di kantornya, kemarin. Menurut Nugroho, cara jaringan ini menyelundupkan narkoba cukup unik. Mereka menyembunyikan narkoba itu di dalam lukisan, kain sari, dan gulungan benang. “Modus yang digunakan para

tersangka terbilang baru karena para tersangka memasukkan sabu ke pigura lalu ditempelkan lukisan. Jika diraba atau dipegang akan terasa di dalamnya ada enam bungkus sabu yang sudah ditata sedemikian mungkin,” ungkapnya. Awalnya, polisi mengungkap jaringan ini setelah membekuk bandar yang mengedarkan paket kecil narkoba di Kemayoran dan Tangerang pada 18 Desember 2011. Berturut-turut polisi menangkap tersangka lainnya di Tol Kebon Nanas pada 26 Desember dan di Cirebon pada 28 Desember 2011. “Lukisan ini berada di sebuah truk nopol BL 9154 A yang ditangkap di Kebon Nanas,” ungkap Nugroho. Berdasarkan penelusuran polisi, sabu itu berasal dari Iran yang dikirimkan ke Malaysia. Di Malaysia, sabu itu dimasukkan ke lukisan lalu dibawa masuk ke Indonesia melalui Aceh dengan jalur laut. Dari Aceh, sabu itu dibawa ke Jakarta meng gunakan truk. Selama perjalanan, sabu itu disembunyikan di bawah jok. Adapun heroin, lanjutnya, berasal dari India. “Heroin ini dimasukkan ke kain sari kemudian dikirim melalui salah satu ekspedisi, alamatnya di Bandung. Akhirnya ditangkap di sana,” ujar Nugroho. Sementara itu, ribuan pil ekstasi didatangkan dari Belanda

MI/JHONI HUTAPEA

melalui Malaysia. Ekstasi itu disembunyikan di tempat gulungan benang lalu dikirim ke Cirebon, Jawa Barat. “Seluruh narkoba dari luar negeri ini untuk pasokan pesta Tahun Baru dan siap diedarkan di Jakarta, Surabaya, Bali, Bandung, dan Semarang,”

kata dia. Kendali dari LP Polisi juga berhasil mengungkap bahwa pasokan narkoba ini dikendalikan dua WN Nigeria yang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan, Jawa Te-

ngah, yang berinisial OBN dan CLC. Mereka dibantu SRF, warga negara Malaysia. “SRF ini masih menjadi buron kami. Dia kabur ke Malaysia.” Nugroho mengungkapkan, para tersangka akan dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) subsider Pasal

Beri Kesempatan untuk Kapal Tradisional BUPATI Kepulauan Seribu Ahmad Ludfi mendukung beroperasinya kapal tradisional sebagai alat transportasi para wisatawan ke daerah tujuan wisata di Kepulauan Seribu. Namun sejak peresmian Pelabuhan Muara Angke khusus penumpang pada 22 Desember lalu, para pemilik kapal tradisional di Pelabuhan Ikan Muara Angke khawatir tak dapat lagi beroperasi. Ludfi mengatakan, selama ini, ada sekitar 40 kapal ojek tradisional yang beroperasi di Muara Angke, sebelum pembangunan pelabuhan khusus penumpang di Muara Angke atau biasa dikenal sebagai Pe-

labuhan Kali Adem. Lud pun mengakui mereka telah berperan dalam sektor pariwisata di Kepulauan Seribu. Sebelum pembangunan pelabuhan penumpang, selain dermaga di Marina Ancol, MI/ROMMY P para wisatawan menggunakan jasa kapal nelayan yang Ahmad Ludfi dialihfungsikan tersebut. Bupati Kepulauan Seribu “Kami berharap mereka bisa masuk ke sana. Kami membuka kesempatan bagi kapal- ujar Lud, kemarin. Ketua Asosiasi Angkutan kapal tradisional untuk dapat menjadi sarana transportasi Tradisional Kepulauan Seribu ke Kepulauan Seribu. Dengan (AATKS) Abdul Syukur mecatatan, orang pulau jangan di- ngatakan mereka hingga kini tinggalkan, pemberdayaannya belum dapat berlabuh di Pelaharus melibatkan mereka juga,” buhan Kali Adem. Menurut

keterangan yang disampaikan petugas kepada mereka, peruntukan pelabuhan baru Muara Angke itu didahulukan bagi kapal angkut milik Pemprov DKI. Adapun para pemilik kapal tradisional harus menyerahkan dokumen kapal yang lengkap sambil menunggu keputusan dari Dinas Perhubungan. “Kami minta agar bisa diberikan fasilitas di Pelabuhan Kali Adem, yang akan diresmikan oleh Bapak Gubernur pada 5 Januari nanti,” ujar Abdul. Secara kronologis, menurut dia, kapal tradisional yang beroperasi di Muara Angke ialah perintis transportasi masyara-

kat dari dan menuju Kepulauan Seribu. Kepala Bidang Transportasi Laut dan Udara Dinas Perhubungan DKI Turipno mengatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan bagi kapal-kapal tradisional untuk beroperasi di pelabuhan tersebut. “Tapi tentu harus dilihat, layak atau tidak,” ujarnya. Dia pun mengakui, hingga kini, masih banyak penumpang yang menggunakan kapal tradisional di Pelabuhan Ikan Muara Angke untuk menyeberang ke Kepulauan Seribu karena belum mengetahui pelabuhan baru telah beroperasi. (NA/J-4)

Siap Diuji Coba, Underpass Hasanuddin-Pattimura

MI/RAMDANI

RUANG PUBLIK: Anak-anak bermain dampu di salah satu pinggiran lorong kawasan Casablanca, Jakarta, kemarin. Semakin padatnya penduduk di Jakarta mengakibatkan ruang publik yang biasa digunakan untuk lahan bermain anak-anak hampir tidak ada lagi.

TEROWONGAN yang menghubungkan Jalan Hasanuddin dengan Jalan Patimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, siap diuji coba awal 2012. Kepala Seksi Simpang Tidak Sebidang Dinas PU DKI Jakarta Heru Suwondo mengatakan, saat ini pembangunannya sudah memasuki tahap penyelesaian sarana penunjang dan perapian dinding. “Nanti saat uji coba, jalan yang digunakan hanya satu arah, yakni dari sisi selatan ke utara,” ungkap Heru di Jakarta, kemarin. Underpass yang berada di kawasan Mabes Polri tersebut merupakan bagian dari pro yek jalan layang nontol (JLNT) Antasari-Blok M yang dibangun sepanjang 5 kilometer. Terowongan sepanjang 600 meter itu lebih dulu diselesaikan daripada pembangunan JLNT sendiri. Panjang

ramp selatan (turunan) dari terowongan itu mencapai 135 meter dengan terowongan sepanjang 82,5 meter. Di sisi lain, panjang ramp utara (tanjakan) lebih pendek, yakni 128 meter. Terowongan itu memiliki lebar jalan 14,5 meter dan terdiri dari empat lajur dengan dua arah. Untuk tahap uji coba, jalan tidak diaspal, tapi hanya di-rigid atau beton. “Tapi nanti akan diaspal semuanya. Ini untuk uji coba dulu,” jelasnya. Di lain hal, pembangunan dua JLNT yang dikerjakan sejak akhir 2010 sudah mampu melampaui target. Untuk JLNT Antasari-Blok M, saat ini progres pengerjaan sudah mencapai 52,5%. “Yang di Antasari-Blok M sudah mulai dikerjakan untuk on/off ramp (tanjakan dan turunan) nya,” imbuh Heru. Jalan layang Antasari-Blok

M sendiri memiliki panjang 4,8 km, dengan lebar 17 m untuk dua jalur dengan ketinggian 10 m dari jalan yang sudah ada. Target awal, pengerjaan akan memakan waktu sekitar 1 tahun 7,5 bulan dengan masa perawatan selama 180 hari. Adapun untuk JLNT Tanahabang-Kampung Melayu sampai Desember ini progres kerja sudah mencapai 46,3%. Fly over itu memiliki panjang kurang lebih 2,3 kilometer. Ja lan layang itu berada 12 meter di atas tanah dan untuk bagian di atas terowongan Casablanca dinaikkan hingga 20 m di atas tanah karena adanya tiang monorel. “Untuk Tanah Abang-Kampung Melayu kita sedang fokus untuk on/off ramp-nya. Sam pai saat ini pengerjaan dua jalan layang itu sudah sesuai dengan jadwal,” ujarnya. (Vni/J-4)

112 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati, seumur hidup, atau pidana paling lama 20 tahun penjara. (*/J-3) aries @mediaindonesia.com

BARANG BUKTI: Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Baharuddin Jafar (kanan) bersama Kepala Biro Operasional Kombes Agung Budi menunjukkan barang bukti narkoba jaringan internasional, kemarin.

LINTAS BERITA DPRD Rapat untuk Prijanto 6 Januari RAPAT Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta dengan agenda membahas permohonan pengunduran diri Wakil Gubernur DKI Prijanto akan digelar 6 Januari 2012. Hal itu ditetapkan setelah Badan Musyawarah DKI Jakarta melakukan rapat internal, kemarin siang. Ketua DPRD DKI Jakarta Ferial Sofyan mengatakan pekan depan merupakan waktu yang tepat untuk pelaksanaan paripurna istimewa itu. Ia juga mengatakan waktu tersebut dipilih sambil menunggu penyempurnaan surat pengunduran diri Prijanto yang masih terdapat beberapa kesalahan. “Belum sepenuhnya diperbaiki, tapi tidak masalah,” ujarnya. Prijanto memang meminta penyelenggaraan rapat paripurna istimewa dilaksanakan sebelum tahun berganti. Namun menurut Wakil Ketua DPRD, Triwisaksana, Prijanto dipersilakan untuk tidak datang dalam rapat itu. (*/J-4)

Loop Line Tambah 98 Perjalanan/Hari SEKRETARIS Perusahaan PT KAI Commuter Jabodetabek Makmur Syaheran mengatakan jika dibandingkan dengan November, penerapan sistem loop line selama dua pekan telah meningkatkan jumlah penumpang Commuter Line sebanyak 11%. Makmur saat ditemui di ruang kerjanya di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, kemarin, mengatakan peningkatan penumpang itu merupakan dampak penambahan dua loop commuter line, atau 16 perjalanan per harinya. Dengan pemangkasan rute, perjalanan kereta api secara keseluruhan bertambah 98 perjalanan. Sebelum diterapkan sistem loop line, setiap harinya hanya ada 467 perjalanan termasuk KA ekonomi. “Sekarang ada 565 perjalanan termasuk kereta feeder yang bolak-balik ManggaraiTanah Abang dan Manggarai-Jatinegara,” katanya. Sementara itu, penumpang KA ekonomi justru menurun 6,4%. “Padahal, jumlah perjalanannya tidak kita kurangi,” ucap Makmur yang tidak mau terburu-buru menyatakan ada migrasi penumpang dari KA ekonomi ke Commuter Line. (Vni/J-4)

Kerugian Kebakaran 2011 Rp31,8 Miliar SUKU Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Utara mencatat ada 177 peristiwa kebakaran sepanjang 2011. Angka itu meningkat 60% jika dibandingkan dengan tahun lalu yang tercatat ada 106 peristiwa. Kepala Seksi Operasi Damkar dan Penanggulangan Bencana Jakut Nurdin Silalahi mengatakan peristiwa kebakaran di tahun ini menyebabkan 2.092 kepala keluarga (KK) atau 6.489 jiwa kehilangan tempat tinggal. Selain itu, ada empat korban tewas dan 13 orang terluka. “Kerugian materi diperkirakan mencapai Rp31,8 miliar,” ujarnya. Pemicu, menurut Nurdin, masih didominasi korsleting listrik yang mencapai 105 kasus. Selain itu, penyebab lainnya lilin dengan jumlah 43 kasus. Kompor gas sebagai penyebab 20 kasus dan rokok 9 kasus. Wilayah di Jakut yang sering terbakar ialah Kecamatan Penjaringan. (NA/J-4)

M EGAPOLITAN

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

Warga Rawajati Ingin Bebas Banjir Permanen

Penjahat di Angkot Tetap Eksis

Pemerintah diharapkan bisa mengeruk atau mengembalikan kedalaman Kali Ciliwung. NESTY TRIOKA PAMUNGKAS

D

ATANGNYA musim hujan membuat sebagian warga DKI Jakarta bersiap menghadapi banjir. Aktivitas itu misalnya dilakukan warga Gang Bina Warga, Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, yang tinggal berdekatan dengan Kali Ciliwung. “Semua barang berharga disimpan di lantai atas. Jadi kalau banjir, kita langsung naik ke atas juga,” kata Murni, warga RT 03/RW 07 saat ditemui di rumahnya, kemarin. Berdasarkan pantauan Media Indonesia, rumah warga di kawasan itu mayoritas bertingkat dua. Tidak tampak barang-barang memenuhi lantai dasar rumah. Hanya kursi tamu seadanya dan televisi. Beberapa barang diletakkan di atas meja atau lemari. Samsu Andi, 44, selaku Ketua RT 04, mengatakan kawasannya kerap mengalami banjir akibat meluapnya Kali Ciliwung. “Kalau banjir lima tahunan, bisa sepinggang orang dewasa kedalamannya. Malah di tahun 2007 ada tiga rumah roboh karena diterjang banjir yang banyak sampahnya,” jelas Samsu. Terkait banjir, Samsu mengatakan antisipasi sudah dilakukan dengan adanya persiapan

MI/GANDYOS ZAFNA

PENANGGULANGAN BANJIR: Petugas menyelamatkan korban yang hanyut terbawa banjir di Kanal Banjir Barat, Tambora, Jakarta Barat, kemarin. Ini merupakan bagian dari simulasi penanggulangan banjir dan kebakaran yang diikuti 585 personel. tenda darurat, posko banjir, obat-obatan, dan lainnya. “Semua sudah disiapkan. Istilahnya ya kalau terjadi banjir, kita sudah tahu harus ke mana.” Kendati terbiasa dengan genangan air, warga berharap ada solusi permanen yang dapat membebaskan mereka dari banjir. Mereka akui bahwa sulit untuk pindah terkait dengan biaya yang tidak kecil. “Kita tinggal di sini sudah puluhan tahun dan memang orang sini. Ya, cuma siapa tahu pemerintah bisa mengeruk atau mengembalikan kedalaman Kali Ciliwung ini. Dulu dalamnya bisa

lebih dari sebilah bambu panjang, sekarang setengahnya juga enggak sampai,” jelas Samsu. Selain itu, berdasarkan pandangan mata dan informasi yang dihimpunnya dari warga, Kali Ciliwung semakin dangkal setelah ada flyover Kalibata. “Jadi pas lagi pembangunan flyover, sampah puing-puing bahan bangunannya sering dibuang begitu saja ke kali,” pungkas Samsu. Bangunan liar dibongkar Sementara itu, 26 bangunan di Kelurahan Rawa Bunga dan 32 bangunan di Kelurahan Bali

Mester, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, kemarin dibongkar oleh sekitar 300 petugas gabungan dari Satpol PP, TNI, dan kepolisian. Pembongkaran itu sebagai upaya normalisasi sungai karena bangunan-bangunan yang berada di bantaran Kali Baru tersebut menjorok ke sungai dan menyebabkan penyempitan aliran sungai yang berasal dari Kali Ciliwung. Lebar sungai idealnya ialah sekitar 9,6 meter, tetapi dengan adanya bangunan yang sebagian besar semipermanen itu membuat lebar sungai hanya sekitar 1,5 meter. Akibatnya, bila

7

hujan turun, sungai meluap dan menggenangi Jalan Otista III. Setelah pembongkaran, Kepala Suku Dinas PU Tata Air Jakarta Timur, Suhartono, menyatakan pihaknya akan membuat turap untuk menandai batas daerah kali. Salah seorang warga, Bambang Suharjo, 47, dari RT 17/ RW 01 Bali Mester berharap ada ganti rugi atas pembongkaran bangunan itu. Walaupun bangunannya ilegal, setiap tahun dia mengaku membayar pajak bumi dan bangunan. (*/X-17) nesty@mediaindonesia.com

WALAU pihak kepolisian tengah berupaya memberantas pelaku perampokan dan kejahatan di atas angkutan umum, rasa aman bagi penumpang belum terwujud. Kemarin siang, tiga penjambret beraksi di dalam mikrolet M-11 jurusan MeruyaTanah Abang. Mereka berhasil menggasak harta Muryani, 45, dan dua anak perempuannya, Rini, 27, serta Heni, 24, yang membawa dua balita. Mereka menjadi korban kejahatan saat menumpang angkot dari Kompleks BPPT, Pesanggrahan, ke Tanah Abang. Menurut Heni, para pelaku naik mikrolet tidak bersamaan. Pelaku pertama naik dari sebuah gang dekat Kompleks Kodam, depan SPBU, Jalan Kebon Jeruk. “Enggak berapa jauh, ada seorang lagi yang naik. Kemudian di gang berikutnya, naik satu orang lagi,” kata Heni. Selain Muryani dan keluarganya, di dalam mikrolet itu ada dua penumpang lainnya. Sepanjang perjalanan, sang kakak, Rini, asyik memainkan Blackberry. Saat itu Muryani mengingatkan agar Heni segera memasukkan ponsel ke tasnya. “Saya curiga melihat gelagat satu pria itu. Dia duduk pindah-pindah dan berusaha mendekati anak saya yang lagi main ponsel,” kata Muryani. Ketika angkot berhenti di depan kampus Bina Nusantara, Rawa Belong, salah satu pelaku berpura-pura mau muntah. Dua pelaku lainnya berperan sebagai pengecoh. “Salah satu meminta saya buka kaca jendela angkot. Tapi satu orang yang duduk di depan saya kemudian merogoh tas saya,”

ujar Rini. Seketika Rini berteriak. Seorang pelaku berhasil ditangkap, tetapi dua lainnya berhasil melarikan diri. “Kita langsung teriak. Orang yang ngambil ponsel saya enggak sempat kabur. Warga datang dan memukuli dia,” ujar Rini. Heni sempat mencoba mengejar pelaku lainnya. Namun, mereka langsung masuk ke mobil Toyota Avanza yang berada di belakang angkot. Deni Effendi, 29, pelaku yang tertangkap, mengaku baru dua kali melakukan aksi itu bersama teman-temannya.

Saya curiga melihat gelagat satu pria itu. Dia duduk pindahpindah dan berusaha mendekati anak saya yang lagi main ponsel.” Muryani Korban Penjambretan Ia mengaku mendapat pesanan untuk mencari ponsel merek tertentu. “Saya dapat Rp250 ribu kalau dapat,” kata Deni. Kanit Reskrim Polsek Palmerah AK Saiful Anwar mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima dari masyarakat, kawasan sekitar kampus Bina Nusantara memang rawan perampokan. Hal tersebut mungkin karena banyak mahasiswa dari kalangan ekonomi menengah ke atas yang berkuliah di sana. “Banyak informasi, tapi enggak ada yang membuat laporan,” kata Saiful. (*/J-4)

8

K ALEIDOS

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

18 NOVEMBER

Lion Air Catat Rekor Pemesanan Boeing LION Air, maskapai penerbangan nasional berbiaya murah, memperkuat armada dengan memesan 230 pesawat baru buatan pabrikan asal Amerika Serikat (AS), The Boeing Company. Total nilai pemesanan mencapai US$37,7 miliar (sekitar Rp340 triliun). Dengan disaksikan Presiden AS Barack Obama, kedua perusahaan menandatangani nota kesepakatan pengadaan pesawat-pesawat tersebut di Nusa Dua, Bali, Jumat (18/11). Pemesanan itu merupakan yang terbesar yang tertuang dalam sekali kesepakatan pembelian pesawat Boeing. Boeing akan mengirimkan pesawat-pesawat tersebut secara bertahap mulai 2017 hingga 2025. (Ndy/S-2)

4 NOVEMBER

Usulan Pembubaran Pengadilan Tipikorda KETUA Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengusulkan pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor) di daerah dibubarkan dan dikembalikan ke pengadilan umum. Gagasan itu dilontarkan setelah maraknya vonis bebas terhadap terdakwa korupsi di pengadilan tipikor daerah. “Pengadilan tipikor di daerah lebih jelek daripada pengadilan umum sehingga gagasan membubarkan pengadilan tipikor di daerah menjadi masuk akal,� ujar Mahfud di Gedung MK, Jakarta, Jumat (4/11). Pengadilan tipikor daerah yang mandul di antaranya di Bandung dan Lampung. Terakhir, Pengadilan Tipikor Samarinda, Kaltim, juga membebaskan 14 anggota DPRD Kutai Kartanegara, terdakwa korupsi APBD sebesar Rp2,9 miliar. (Che/X-15)

ber nggemparkan pada Novem TIDAK ada berita paling me s alia a Jembatan Mahakam II 2011 selain tragedi ambrukny a di Kalimantan Timur. Robohny Jembatan Kutai Kertanegara me a jug i ap tet an korban jiwa, Mahakam II tidak hanya menel ut. ekonomi daerah terseb lumpuhkan sebagian gerak Batam, Kepulauan Riau, Kelumpuhan juga terjadi di tan ruh yang menuntut peningka akibat demonstrasi para bu t liha ter ling pa Namun, yang upah minimum kota (UMK). di si up kor ilan tindak pidana lumpuh ialah kinerja pengad n MK Mahfud MD mengusulka daerah yang membuat Ketua pembubaran. bira dari prestasi di arena SEA Beruntung masih ada kabar gem 2) elian Boeing oleh Lion Air. (SGames XXVI dan rekor pemb

9 NOVEMBER

Hary Tanoe Gabung ke NasDem DALAM Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I Partai NasDem di Jakarta, Rabu (9/11) , Ketua Umum Partai NasDem Patrice Rio Capella mengumumkan pengangkatan CEO of MNC Group Hary Tanoesoedibjo sebagai Ketua Dewan Pakar Partai NasDem. Pengangkatan Hary Tanoe didasari kapabilitas dan kemampuan yang dimiliki pengusaha itu. Kemampuannya merupakan amunisi bagi NasDem untuk menjadi partai besar. Hary Tanoe mengaku bergabung dengan Partai NasDem karena tidak ingin lagi hanya menjadi pemain di belakang layar. Dia mau secara nyata dan langsung berkontribusi untuk rakyat. (Far/X-15)

D I S A A T S E R P A R A T AN

KOP 2011

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

23 NOVEMBER

Buruh Mogok Batam Lumpuh SEKITAR 30 ribu buruh di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), menggelar unjuk rasa mendesak upah minimum kota (UMK) 2012 disamakan dengan standar kebutuhan hidup layak (KHL) sebesar Rp1,3 juta, Rabu (23/11). Pemerintah Kota Batam menetapkan UMK di daerah itu Rp1,1 juta. Hal itu dinilai tidak layak lagi untuk kehidupan buruh di Kota Batam. Akibat aksi tersebut, aktivitas ekonomi Kota Batam lumpuh. Aksi itu berlanjut keesokan harinya (24/11) dan berakhir rusuh. Massa marah karena tidak mendapat tanggapan dari pemerintah kota. Mereka bahkan merusak 19 pos polisi karena kesal dengan ulah Satpol PP yang merusak motor salah seorang buruh. Gubernur Kepri HM Sani akhirnya memutuskan UMK Kota Batam sebesar Rp1.402.000, sesuai dengan usulan Dewan Pengupahan Kota Batam. Serikat pekerja menerima, begitu juga pengusaha, meski Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menerimanya dengan berat hati. (Ria/S-2)

29 NOVEMBER

Kedutaan Inggris di Iran Diduduki DUA kompleks Kedutaan Besar Inggris di Teheran, Iran, diserbu demonstran yang marah, Selasa (29/11). Para demonstran juga sempat membakar bendera Inggris dan sebuah mobil di kompleks kedubes. Demonstran bahkan dilaporkan menculik beberapa staf kedubes. Penyerbuan demonstran ke Kedubes Inggris merupakan buntut kemarahan mahasiswa Iran setelah Inggris menjatuhkan sanksi baru yang lebih keras terhadap negara itu terkait dengan tuduhan pengembangan program senjata nuklir. Insiden itu berbuntut panjang. Kementerian Luar Negeri Inggris memutuskan untuk menarik seluruh staf diplomatik dari Teheran. Sementara pemerintah Iran menyatakan menyesali insiden tersebut. Namun, mereka mengkritik keputusan DK PBB yang ikut mengecam serbuan itu. (Jer/S-2)

22 NOVEMBER

Indonesia Juara SEA Games XXVI INDONESIA akhirnya menjadi jawara SEA Games (SEAG) XXVI yang digelar di Jakarta dan Palembang, setelah mengoleksi 182 medali emas, 151 perak, dan 143 perunggu. Ini merupakan prestasi terbaik setelah SEAG XIX 1997 di Jakarta. Artinya, prestasi Indonesia perlahan menyurut dan baru menyeruak kembali 14 tahun kemudian saat kembali menjadi tuan rumah. Mempertahankan status juara umum di SEAG XXVII Myanmar 2013 merupakan harga mati untuk membuktikan prestasi 2011 bukan semata faktor home decision, melainkan karena pembinaan berkesinambungan. “SEAG kemarin luar biasa. Dengan raihan medali (emas) 181 bolehlah tepuk tangan,� ujar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Prestasi para atlet pun dibalas dengan pemberian bonus. Peraih emas mendapat Rp200 juta, perak Rp50 juta, dan perunggu Rp30 juta. Pelatih yang atletnya meraih emas kecipratan bonus Rp50 juta. Adapun perak Rp30 juta, dan perunggu Rp15 juta. (Eko/S-2)

AN TR AGEDI

26 NOVEMBER

Golden Gate Kukar Ambruk JEMBATAN Mahakam II atau dikenal dengan Jembatan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur yang harusnya bisa bertahan 40 hingga 100 tahun justru berumur pendek. Baru berusia 10 tahun sejak diresmikan pada 2001, tanpa diduga, tanpa disangka, pada Sabtu (26/11), jembatan yang mirip Golden Gate Bridge di San Fransisco itu ambruk. Tragedi robohnya jembatan sepanjang 710 meter yang melintasi Sungai Mahakam untuk menghubungkan Tenggarong Seberang dengan Tenggarong Kota itu mengakibatkan puluhan orang tewas. Hingga kini korban tewas yang ditemukan sebanyak 21 orang. Selain itu, belasan kendaraan belum dapat dievakuasi. Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum menyebut penyebab jembatan itu roboh ialah lemahnya titik buhul atau sambungan kabel vertikal dan kabel utama jembatan. Kepolisian Resor Kutai Kartanegara telah memeriksa lebih dari 50 orang terkait dengan ambruknya jembatan itu, tetapi belum menetapkan siapa yang bertanggung jawab atau tersangka. Tidak hanya memakan korban jiwa, ambruknya Jembatan Mahakam II juga berdampak buruk terhadap perekonomian daerah setempat. Jembatan tersebut merupakan urat nadi yang menghubungkan Samarinda-Kutai Kartanegara-Kutai Barat. (Ria/S-2)

FOTO-FOTO: MI/SUSANTO/ROMMY PUJIANTO ANTARA/NWA KANU/FAHRUL HIDAYAT REUTERS/RIZAL ADI NUGROHO/ HANDOUT/STRINGER ILUSTRASI: MI/BRIYAN

9

10

N USA USANTARA NTARA

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

Stok Beras di Pasar Menipis Tingginya harga beras di pasar menyebabkan petani enggan menjual beras ke Bulog. LILIEK DHARMAWAN

S

ALAH seorang warga di Kelurahan Arcawinangun, Purwokerto Timur, Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng), Saimin, 42, mengeluhkan harga beras yang sudah semakin tinggi. Di tingkat eceran saja, harganya telah mencapai Rp8.500 per kilogram untuk beras jenis IR 64. ‘’Harga beras semakin memberatkan kami sebagai warga tidak mampu. Apalagi, raskin (beras untuk masyarakat miskin) yang telah dibagikan sudah habis,’’ kata Saimin, kemarin. Untuk mengatasi tingginya harga beras itu, dia mencampurkan beras IR 64 dengan beras kualitas asal yang harganya Rp7.000 per kg. ‘’Mau tidak mau harus menghemat, maka saya mencampurkan beras IR 64 dengan beras sumbang atau beras kualitas rendah.’’ Pedagang di Pasar Manis, Purwokerto, Yati, 42, mengatakan tingginya harga beras akibat sulitnya memperoleh pasokan, padahal kebutuhan tetap. ‘’Dengan kondisi itu, harga beras masih tetap tinggi. Saat ini, pasokan ke warung saya hanya 1 kuintal setiap harinya, padahal pada saat panen bisa sampai 1 ton setiap harinya,’’ kata Yati. Stok menipis terjadi di Jember, Jawa Timur. Kepala Bulog Subdivre XI Jember Tri

Wahyudi Saleh mengaku stok Bulog hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan satu bulan ke depan. Stok beras yang ada di sejumlah gudang Bulog Jember sebanyak 3.500 ton dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat miskin hingga Januari 2012. “Kami sudah mendistribusikan jatah raskin ke-13 kepada 237.700 kepala keluarga (KK) atau rumah tangga sasaran (RTS) sehingga stok yang ada tidak memengaruhi distribusi raskin ke-13 hingga akhir tahun ini,” tuturnya. Menurut dia, tingginya harga beras di pasaran menyebabkan petani enggan menjual beras ke Bulog dan memilih menjual gabah atau berasnya ke pengusaha karena lebih menguntungkan. “Kami sudah membeli beras di atas harga pembelian pemerintah (HPP) kepada petani hingga mencapai Rp6.800 per kg, namun masih saja pihak Bulog kesulitan untuk mendapatkan beras dari petani,” paparnya. Penjualan raskin Dari Bojonegoro, Jatim, dilaporkan, harga beras kualitas super dalam sepekan terakhir naik sekitar Rp500 per kg, tetapi harga berbagai macam beras kualitas medium cenderung turun karena beras miskin mulai masuk pasar.

“Harga beras super polesan naik Rp500 per kilogram karena permintaan meningkat. Warga membutuhkan untuk kegiatan malam Tahun Baru 2012,” kata seorang pedagang beras di Pasar Banjarjo, Desa Banjarjo, Kecamatan Kota, Sakip, 59, kemarin. Harga beras poles super produksi Tuban dan Bojonegoro, yang semula mulai Rp8.500 hingga Rp9.000 per kg, saat ini menjadi Rp9.000 hingga Rp9.500 per kg. “Kalau beras kualitas menengah ke atas naik, tapi beras kualitas menengah ke bawah cenderung turun, sebab raskin banyak yang membanjiri pasaran,” kata Waris, pedagang lainnya, menambahkan. Penjualan raskin kepada para pedagang belakangan ini mulai meningkat, paling tidak sejak dua pekan terakhir. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Jatim Budi Setiawan meminta masyarakat tidak panik dengan kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok sampai akhir tahun. Sebab, stok di Jawa Timur (Jatim) masih melimpah. ‘’Kenaikan harga kebutuhan pokok sudah terjadi sejak awal Desember dan diprediksi masih terus berlangsung sampai awal tahun 2012,’’ kata Budi Setiawan di Surabaya. Untuk menjaga harga tetap stabil, Disperindag Jatim menjaga stok dan distribusi kebutuhan pokok agar lancar sampai ke konsumen. (FL/MS/Ant/N-1) lilik@mediaindonesia.com

ANTARA/SAIFUL BAHRI

DIBAKAR MASSA: Warga melemparkan batu ke arah bangunan yang dibakar massa di Desa Blu’uran, Karangpinang, Sampang, Madura, Jawa Timur, kemarin. Sejumlah bangunan rumah, musala, dan madrasah dibakar massa karena, menurut warga setempat, pengasuhnya menganut aliran syiah.

Pesantren Syiah Dibakar Massa TOLERANSI beragama di Tanah Air kembali mendapat ujian berat. Kali ini terjadi di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Cobaan menimpa kelompok syiah pimpinan ustaz Tajul Muluk di Dusun Nangkrenang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Karangpenang. Massa datang dengan geram, membakar rumah dan kompleks pesantren yang anggota komunitasnya hanya 170 jiwa itu, kemarin. Ratusan orang datang dengan membawa senjata tajam. Mereka menyerang siapa pun yang tidak dikenal dan berusaha mendekat. Dua kompi ang-

Semarak Pesta Akhir Tahun di Ancol 2011 yang bertempat di Pantai Carnival. Konser musik itu dimeriahkan penyanyi dan grup band papan atas seperti Vidi Aldiano, Ungu, dan Wali. Konser itu akan digelar pukul 22.00-01.00 WIB. Tidak hanya itu, pada perayaan puncak detik-detik pergantian tahun, pesta kembang api spesial akan digelar. Menga pa spesial? Menurut Direktur Rekreasi Pembangunan Jaya Ancol Winarto, karena dari segi ukuran dan konsep akan berbeda dengan tahun lalu. “Pesta kembang api kali ini tidak seperti tahun lalu, sebab kembang api akan menyala dalam bentuk tulisan, “Ancol 2012,” ujarnya. Pesta kembang api akan berlangsung di empat titik, yakni Pantai Indah, Dermaga Putri Duyung, Dermaga Beach Pool, dan Pantai Carnival. Adapun pesta kembang api dengan tampilan Ancol 2012 akan berlangsung di Pantai Carnival.

gota polisi yang dibantu anggota TNI tidak mampu mencegah aksi massa. Kepala Bagian Operasional Kepolisian Resor Sampang Komisaris Danuri menyatakan anggotanya hanya disiagakan untuk berjaga-jaga di sekitar lokasi. “Kami masih menunggu bantuan pasukan dari Polres Pamekasan dan Brimob Polda Jatim,” kata Danuri. Dalam peristiwa itu, Tajul Muluk, keluarga, dan pengikutnya berhasil melarikan diri. Tidak ada korban jiwa maupun luka. Aksi tersebut diduga sebagai akibat dari penolakan warga

setempat terhadap aktivitas pesantren yang menyebarkan ajaran syiah sejak lima tahun terakhir. Peristiwa serupa pernah terjadi pada 2006. Pada Mei silam, massa me ngusir Tajul Muluk dari desa itu. Kembalinya sang pe mimpin beberapa waktu lalu diduga menjadi penyebab amuk massa. Beberapa jam setelah kejadian, polisi dan TNI berhasil mengendalikan massa. Ratusan orang digiring menjauhi lokasi pesantren hingga jarak 500 meter. Pembakaran itu menyebabkan rumah Tajul Muluk rata

dengan tanah. Satu rumah lagi yang juga diamuk massa adalah milik penasihat syiah di Sampang, Iklil Al Milal, yang berjarak 1 kilometer dari rumah dan pesantren Tajul Muluk. Selama Desember, aksi itu adalah yang kedua. Pada Sabtu (17/12), massa membakar rumah penganut syiah bernama Moh Siri, 56, di Dusun Gadd hing Laok, Desa Bluuran, Kecamatan Karangpenang. Aksi-aksi itu ditanggapi dengan tenang oleh Iklil Al Milal. Ia meminta jamaahnya untuk menahan emosi dan tidak melakukan aksi balasan. (MG/Ant/N-2)

Warga Kobar Marah Protes Pelantikan Bupati RUMAH dinas Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng), hangus dibakar massa yang marah terkait pelantikan Ujang Iskandar (petahan) dan Bambang Purwanto (UJI-BP) sebagai bupati dan wakil bupati Kobar, kemarin. Kerusuhan itu terkait kisruh hasil pemilihan umum kepala daerah (pemilu kada) Kobar pada 5 Juni 2010, yang dimenangi oleh pasangan Sugianto Sabran dan Eko Soemarno. Namun, pasangan Ujang Iskandar-Bambang Purwanto menggugat dan dimenangkan oleh Mahkamah Konstitusi. Massa yang mendukung Sugianto Sabran dan Eko Soemarno (SUKSES) itu merasa keberatan terhadap rencana

Kementerian Dalam Negeri yang akan melantik Ujang Iskandar dan Bambang Purwanto, di Jakarta, hari ini. Sebelumnya massa berkumpul di Jalan Diponegoro, sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka kemudian berkonvoi ke jalanjalan utama Kota Pangkalan Bun untuk berorasi meminta Ujang Iskandar dan Bambang Purwanto batal dilantik. Di sepanjang Jalan Hasanuddin sampai Jalan Pangeran Antasari, massa merusak fasilitas umum, seperti ramburambu lalu lintas dan tiang bendera. “Kami minta kepada pemerintah pusat untuk tidak memaksakan UJI-BP dilantik di Jakarta esok hari (hari ini). Apabila itu terjadi, jangan

salahkan kami untuk berbuat hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar koordinator lapangan, Aminullah, dalam orasinya di atas mobil yang berjalan. Saat pembakaran rumah jabatan bupati berlangsung, Kapolres Kobar AKB Novi Irawan dan Wakapolres Kobar Komisaris Dedi S sempat mencoba melakukan pendekatan agar tidak melakukan pembakaran. Namun, karena massa cukup banyak, pimpinan Polres Kobar itu diusir untuk menjauhi lokasi kejadian. Selain itu, massa merusak rumah anggota DPRD Kotawaringin Barat dari Partai Demokrat, Rusmalena. Akibat aksi tersebut, kantor pemerintahan dan toko-toko tutup. (SS/N-1)

MI/ANGGA YUNIAR

M

ENJELANG pergantian akhir tahun 2011 menuju 2012, Ancol Taman Impian menggelar berbagai pertunjukan menarik untuk memanjakan keluarga ataupun Anda yang datang bersama teman-teman. Pastinya, suasana liburan akan semarak dan ceria. “Kami benar-benar akan menghidupkan suasana kawasan pantai bagi keceriaan pengunjung. Beragam kegiatan yang berhubungan dengan pantai dan hiburan-hiburan menarik lainnya akan kami gelar di sepanjang Pantai Ancol, termasuk pada malam pergantian tahun,” ujar Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Budi Karya Sumadi. Unit-unit rekreasi Ancol Taman Impian seperti Dunia Fantasi (Dufan) menampilkan Musikal Laskar Pelangi Highlights yang dimulai 24 Desember 2011 sampai 1 Januari 2012. Ada pula pemutaran lm animasi terbaru Dufan Defender Live

Show mulai 17 Desember 2011 hingga 8 Januari 2012 dengan harga tiket Dufan seharga Rp180 ribu. Harga itu sudah termasuk pertunjukan Musikal Laskar Pelangi Highlights. Sementara itu, Atlantis Water Advanture menggelar berbagai permainan air yang dikemas dalam water carnival. Selama acara yang digelar sejak 25 Desember 2011 hingga 1 Januari 2012 ini, pengunjung berkesempatan mendapat berbagai hadiah menarik dari Sinterklas. Acara menarik lainnya juga siap disuguhkan Ocean Dream Samudera. Mulai 17 Desember 2011 sampai 15 Januari 2012, setiap harinya selama 20 menit pengunjung dapat menyaksikan Russian Underwater Show yang menampilkan tarian balet air ala penari Rusia. Selain itu, pada puncak perayaan Tahun Baru akan diadakan pertunjukan Publicity Stunt Limbad Manusia Beton dan konser musik bertajuk Back to Beach

Pengaturan Lalu lintas Sekitar 430 ribu pengunjung diperkirakan akan memadati kawasan wisata Ancol Taman Impian pada puncak perayaan malam Tahun Baru hingga 1 Januari 2012. Sejumlah persiapan operasional terkait dengan pengamanan dan pengaturan lalu lintas di dalam kawasan Ancol telah disiapkan, termasuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. Selain di dalam areal, jalur protokol akses masuk, seluruh pintu masuk, dan areal parkir Ancol, pengamanan dan pengaturan lalu lintas juga akan dilakukan pada ring luar. “Sasaran penerapan strategi pengamanan dan pengaturan lalu lintas ini agar tidak terjadi keruwetan lalu lintas, tidak terkecuali jika terjadi lonjakan. Kami juga akan meminta Jasa Marga agar membuka semua pintu masuk tol, baik di pintu Kemayoran, Ancol Timur, maupun Ancol Barat sepanjang malam hingga pagi hari,” ujar Budi Karya. (*/S-25)

Longsor Mengancam Jalan Lintas Sumatra RUAS Jalan Lintas Sumatra terancam longsor akibat hujan yang terus mengguyur di sejumlah wilayah dalam sepekan terakhir. Salah satu titik longsor sudah terjadi di Desa Payo, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan. Selain tanah yang menutupi jalan, puluhan batang pohon yang tumbang berserakan di jalanan. Lokasi itu sangat berpotensi untuk kembali terkena tanah longsor. Tidak jauh dari sana, tebing setinggi 2 meter juga rawan runtuh. “Jika longsor terjadi malam hari, pengguna jalan akan sulit menghindar,” kata Dendi, seorang warga. Kepala Desa Payo Indawansyah mengakui lokasi tersebut rawan terjadi longsor. “Kami sudah melaporkan situasi ini ke pemerintah kabupaten,” tandasnya. Longsor juga mengancam warga Dukuh Bometen, Desa

Jika longsor terjadi malam hari, pengguna jalan akan sulit menghindar.” Ngandong, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Jawa Tengah. Saat hujan, mereka memilih mengungsi jauh dari rumah. “Tebing di kampung kami sudah merekah sepanjang sekitar 50 meter. Tebing itu bisa sewaktu-waktu longsor jika diguyur hujan,” kata Kepala Urusan Pembangunan Desa Ngandong Agus Haryadi. Di sisi lain, angin puting beliung dan hujan melanda Desa Lombang, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kemarin. Akibatnya, 41 rumah warga roboh dan sekitar 100 pohon bertumbangan. Tidak jauh dari lokasi itu, sebanyak 15 rumah warga di Desa Tulungagung, Kecamat-

an Kertasmaya, juga hancur diamuk puting beliung. Cuaca tidak bersahabat di laut juga menyebabkan warga Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, mengalami krisis pasokan premium. Mereka harus rela menebus premium dengan harga Rp12 ribu per liter di tingkat eceran. “Sudah sepekan stasiun pengisian bahan bakar umum beroperasi hanya sampai pukul 10.00 WIB, karena pasokan berkurang. Biasanya, kami bisa membeli sampai malam hari,” kata Imam Purbaya, 29, seorang warga. Kelangkaan premium di wilayah itu sudah berlangsung satu pekan. “Tanker pembawa pasokan BBM dari Kepulauan Riau dan Sumatra Selatan terhambat masuk karena dihadang gelombang tinggi,” kata juru bicara Pertamina Kalimantan Barat Putut Andriatno. (Tim/N-2)

N USANTARA Rela Kesurupan Kerbau demi Kemakmuran Desa

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

11

Berharap panen melimpah dan menolak bala merupakan inti ritual adat keboan yang selalu dilaksanakan menjelang musim tanam. ANAM MASJHOEDI

R

ATUSAN orang menyemut di lapangan Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (25/12). Hari itu merupakan hari penting bagi warga Aliyan. Bertepatan perayaan Natal, masyarakat di desa tersebut sedang menggelar ritual adat keboan. Sebuah upacara adat yang sudah dilakukan secara turun-temurun dan usianya sudah ratusan tahun. Hampir semua warga desa ikut terlibat di dalam ritual keboan itu. Ritual unik itu berupa mandi lumpur seperti kerbau. Warga pun berjalan merangkak dengan menggunakan kedua tangan dan kakinya, menirukan langkah kerbau. Namun untuk memulai ritual keboan ini harus melalui beberapa tahapan upacara. Tampak ada dua warga yang berdandan seperti kerbau. Dengan baju warna hitam, menggunakan rambut palsu panjang sebahu yang terbuat dari tali raa hitam, dan ada dua telinga mirip telinga kerbau yang dipasang di atas telinga warga tersebut. Ratusan warga mengarak dua warga yang sudah didandani mirip kerbau pembajak sawah sambil memanggul alat bajak. Arak-arakan melintasi persawahan yang menghampar di Desa Aliyan. Kemudian muncul sosok Dewi Sri yang menerima sosok kerbau itu. Dewi Sri yang diperankan

FOTO-FOTO: MI/ANAM MASJHOEDI

gadis desa setempat merupakan simbol dewi kemakmuran bagi masyarakat desa. Tradisi turun-temurun suku Osing ini selalu dilaksanakan sebelum memulai masa bercocok tanam. Adat keboan ini juga dipercaya masyarakat desa agar hasil panen melimpah pada musim tanam nanti. Warga desa pun bisa meningkatkan kemakmuran akibat melimpahnya hasil bumi. Kemudian setelah arak-arakan selesai dan pembacaan doa, puluhan warga Aliyan mirip orang kesurupan berlarian ke sana kemari, untuk mencari tanah berlumpur. Setelah menemukan lumpur, mereka berjalan dan bertingkah seperti kerbau. Tidak sedikit mereka berebut mandi lumpur. Banyak

orang yang mengawal saudara atau tetangganya yang sedang kesurupan agar tidak berlarian ke mana-mana. Tampak beberapa warga harus memegangi leher dan menyentuh kepala orang yang kesurupan, seperti sedang mengendalikan seekor kerbau liar. Pada umumnya orang yang kesurupan malah bangga karena roh leluhurnya mampir ke dalam tubuhnya. Mereka tidak peduli berkelakuan mirip kerbau karena itulah inti dari ritual keboan. Wongso Kenongo Jika bicara ritual adat keboan yang sudah berumur ratusan tahun itu, tidak bisa lepas dari leluhur masyarakat Desa Aliyan bernama Wongso Kenongo.

ASAL USUL

Danau Sentarum DANAU Sentarum terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Danau yang berada di kawasan jantung Kalimantan (heart of Borneo) ini terbentuk akibat proses tektonis jutaan tahun silam. Sentarum memiliki keanekaragaman hayati dan menjadi habitat berbagai tumbuhan serta satwa endemis Kalimantan. Terdapat sekitar 265 spesies ikan air tawar yang hidup dan berkembang biak di danau ini. Sebanyak 75% atau seki-

miliar setahun. Danau seluas 120 ribu hektare ini juga menjadi habitat bagi 200 spesies burung, 141 spesies mamalia, 26 spesies reptil, dan berbagai jenis primata endemis Kalimantan, di antaranya orang utan kalimantan, lutung merah, kelempiau, dan bekantan. Di samping itu, terdapat 510 jenis tumbuhan dan 135 di antaranya teridentikasi sebagai anggrek alam. Selain keanekaragaman hayati, Sentarum juga memiliki ber-

merupakan salah satu fungsi hidrologis Sentarum sebagai pengontrol dan penyuplai air tawar bagi Sungai Kapuas, sungai utama di Kalimantan Barat. Danau tersebut menampung kelebihan air saat musim penghujan dan mengalirkan kembali ketika kemarau. Danau Sentarum ditetapkan sebagai ramsar site atau kawasan konservasi lahan basah sejak 1994 dan taman nasional pada 1999, dengan total luas

MI/ARIS MUNANDAR

tar 199 dari 265 spesies ikan tersebut merupakan endemis Kalimantan. Penelitian Center for International Forestry Research (Cifor) dan Riak Bumi pada 2007 menyebutkan produksi ikan air tawar dari kawasan ini mencapai 3.000 ton atau senilai Rp34,7 miliar setahun. Produksi tersebut di luar hasil budi daya siluk (Schleropagus formusus), yang nilainya mencapai Rp70 miliar hingga Rp140

bagai keunikan. Dataran banjir terluas di Indonesia dan kawasan hutan lahan basah tertua di dunia ini merupakan danau majemuk dan musiman. Saat kemarau, sebagian wilayahnya berubah menjadi daratan serta menjadi beberapa danau besar dan kecil. Setelah musim penghujan tiba, dataran banjir tersebut menyatu kembali dan menjelma menjadi genangan raksasa. Siklus pasang-surut tersebut

kawasan 132 ribu ha. Kawasan tersebut terdiri dari 89 ribu ha hutan rawa tergenang dan 43 ha daratan. Kawasan yang berjarak sekitar 700 kilometer dari ibu kota Kalimantan Barat, Pontianak, ini sebelumnya ditetapkan sebagai cagar alam pada 1982 dan suaka marga satwa pada 1983. Taman Nasional Danau Sentarum kini juga dikenal sebagai lokasi penelitian dan rekreasi. (AR/N-3)

Menurut Ketua Masyarakat Adat Desa Aliyan Bambang Supinto Hadi, Wongso Kenongo adalah figur yang dipercaya sebagai leluhur warga desa. Wongso adalah tokoh yang awalnya membuka hutan di kawasan Aliyan untuk dijadikan permukiman sampai sekarang ini. Kala itu, sambung Bambang, terjadi wabah penyakit yang

pat petunjuk untuk menggelar ritual dengan memerankan diri seperti seekor kerbau. ‘’Setelah menggelar ritual keboan, kondisi warga desa dan hasil pertanian juga mulai membaik. Akhirnya, adat keboan ini dikenal secara turuntemurun, sekaligus sebagai penolak bala di desa tersebut,’’ kata Bambang. Upacara adat keboan itu merupakan kegiatan yang dilakukan warga Aliyan dan diperuntukkan bagi warga desa tersebut. Untuk itu, dalam penyelenggaraan upacara, warga rela mengeluarkan uang sendiri. Bambang menjelas-

menyerang warga desa. Selain itu, pertanian warga rusak akibat hama dan penyakit. Untuk mengatasi hal itu, Wongso Kenongo melakukan berbagai upaya mendekatkan diri pada Tuhan untuk mengatasi permasalahan itu. Akhirnya, Wongso Kenongo menda-

kan, warga Aliyan tidak ingin menempatkan bantuan pemerintah sebagai faktor utama pelaksanaan ritual adat keboan tersebut. ‘’Ada tidaknya bantuan pemerintah, tidak menjadi dasar kegiatan ritual adat keboan. Kami akan tetap menggelar

ritual adat keboan setiap bulan Sura dengan mengutamakan peran serta masyarakat,’’ ungkapnya. Kapan dimulainya adat ritual keboan ini banyak yang belum tahu pasti. Bambang pun tidak ingat sejak kapan tradisi ini dimulai. Namun, warga tetap melaksanakan upacara tersebut. ‘’Yang saya ketahui ritual ini lewat cerita turun-temurun dari leluhur kami. Diperkirakan, tradisi ini ada sejak lima generasi yang lalu,’’ ujar Bambang. (N-3) am@mediaindonesia.com

ADAT KEBOAN: Warga menggelar tradisi adat keboan sebagai wujud syukur atas berkah kekayaan alam setempat di Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pekan lalu. Warga menceburkan diri ke dalam kubangan lumpur sesaat seusai ritual adat keboan.

12

T ANAH AIR

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

DARI PULAU KE PULAU

09.50 WIB Boyolali, Jateng

Warga Tolak Pemindahan Kantor Pemkab

TKI Lolos Hukuman Pulang Kampung SETELAH Bayanah, 29, TKI yang lolos dari jerat hukuman pancung di Arab Saudi, tiba di Tanah Air, Rabu (28/12), kemarin giliran Jamilah yang kembali ke kampungnya di Cianjur, Jawa Barat. Satu lagi TKI yang akan dipulangkan adalah Neneng Sunengsih, 34, warga Desa Bojongkalong, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jamilah diadili karena membunuh majikannya yang berumur 80 tahun, yang berusaha memerkosa dia. Keluarga korban memberikan pemafaan tanpa meminta uang darah. Dari Cianjur, diperoleh kabar bahwa dinas tenaga kerja setempat tidak menemukan dokumen atas nama Jamilah. “Kapan dia berangkat dan dari perusahaan mana, tidak ada data sama sekali. Kami menduga ia berangkat secara ilegal,” kata juru bicara Dinas Tenaga Kerja Cianjur Ahmad Ubaidilah, kemarin. (BK/N-2)

RATUSAN warga Waduk Kedung Ombo berdemonstrasi menolak rencana pemindahan kantor Pemerintah Kabupaten Boyolali ke Mojosongo yang menghabiskan biaya Rp142,2 miliar, kemarin. Mereka memprotes rencana Bupati Seno Samudra yang dianggap tidak memikirkan rakyatnya. Upaya relokasi kantor pemerintahan itu dinilai sebagai bentuk pengabaian terhadap kesejahteraan rakyat dan sarat dengan KKN. ‘’Sikap keras Bupati Seno Samudra yang akan tetap memindahkan kantor Pemkab Boyolali ke Mojosongo dengan dana Rp142,2 miliar itu jelas membuat sakit hati warga Waduk Kedung Ombo. Saat

Kredit BNI Semarang Rp7,2 Triliun PERTUMBUHAN Bank BNI wilayah Semarang, Jawa Tengah, selama 2011 mencapai Rp7,2 triliun, atau tumbuh 18,3% ketimbang tahun lalu. Pada 2012, BNI akan tetap fokus pada kredit konsumer, ritel, dan dana murah. “Dari total Rp7,2 triliun, 51% di antaranya disalurkan untuk sektor usaha mikro, kecil, dan menengah. Untuk korporasi kita salurkan 20%nya atau sekitar Rp1,4 triliun,” ungkap pemimpin wilayah BNI Semarang Bambang Kuncoro, kemarin. Berbagai program untuk mendukung perkembangan UMKM, lanjut dia, digelar dengan menyalurkan kredit program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL), kredit usaha rakyat (KUR), dan kredit ketahanan pangan (KKP). Kerja keras BNI Semarang membuahkan laba bersih kuartal ketiga, meningkat 8,11% dari tahun sebelumnya. (HT/N-2) ANTARA/SAHRUL MANDA TIKUPADANG

Keluarga Cari Korban Kapal Tenggelam

MUSIK BAMBU: Sejumlah anak memainkan musik bambu pada Festival Budaya Toraja 2011 di Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, kemarin. Festival Budaya Toraja merupakan agenda tahunan sebagai ajang promosi pariwisata dan pelestarian budaya Tana Toraja untuk menjadi salah satu tujuan wisatawan di Indonesia.

09.10 WIB

Serang, Banten

Ribuan Buruh Kepung Kantor Gubernur

R MI/ANAM

SEBANYAK 16 orang asal Timur Tengah mendatangi kantor PMI Jember, Jawa Timur, kemarin. Mereka mencari keluarga mereka yang diduga menjadi korban tenggelamnya kapal di Perairan Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, dua pekan lalu. “Kami mendapat kabar masih ada korban yang terdampar di Pulau Nusa Barong. Kami berharap mereka adalah anggota keluarga kami,” kata Sayed Ali, koordinator keluarga imigran. Ke-16 warga itu sudah mendatangi kantor Polda Jawa Timur dan Rumah Sakit Bhayangkara, di Surabaya. Dari daftar jenazah korban kapal tenggelam, belum ada nama keluarga mereka di dalamnya. Mereka juga tidak menemukan di lokasi penampungan korban yang selamat. (AM/N-2)

Pekalongan Bersiap Gugat PLN PEMERINTAH Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengklaim memiliki kelebihan pembayaran ke PT PLN sebesar Rp845 juta. Wali Kota Basyir Ahmad mengancam akan menggugat perusahaan setrum itu jika tidak mengembalikan dana tersebut. “Kelebihan pembayaran terjadi pada rekening listrik penerangan jalan umum. Itu dana milik masyarakat dan harus dipertanggungjawabkan,” kata Basyir, kemarin. Pihaknya menolak gagasan PT PLN Pekalongan yang menghendaki kelebihan dana itu digunakan untuk membayar pajak penerangan jalan yang dipasang masyarakat secara ilegal. Dari total pembayaran Rp1,7 miliar dan kelebihan Rp845 juta, PT PLN baru mengembalikan Rp226 juta. Humas PT PLN Pekalongan Eko Wahyu Fajar berharap masalah itu bisa dimusyawarahkan. “Tapi kalau pemkot hendak menggugat, kita siap menghadapinya.” (AS/N-2)

Penderita AIDS Bertumbangan TOTAL jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mencapai 260 orang, 10 tahun terakhir. Dari jumlah itu, 122 orang di antaranya sudah meninggal dunia. “AIDS sudah merebak, nyaris ke seluruh penjuru wilayah. Dari 27 kecamatan di Lamongan, hanya Kecamatan Sukorame yang bersih dari penderita,” kata Asisten Tata Praja Pemkab Lamongan, Agus Sugiarto, kemarin. Di Kota Cimahi, Jawa Barat, dari 146 penderita HIV/AIDS, sudah 20 orang yang meninggal dunia. “Penderita yang tidak tertolong jiwanya itu kebanyakan berusia di bawah 10 tahun,” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Cimahi Artha Satyawati. (YK/EM/N-2)

IBUAN buruh dari Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Banten, kemarin. Mereka menyerbu Kantor Gubernur Banten dengan menggunakan sepeda motor dan beberapa bus. Sebelum menuju kantor gubernur, para buruh berkonvoi menggunakan sepeda motor dari Tangerang menuju Kota Serang. Bahkan mereka membobol Tol Tangerang-Merak sehingga ruas tol tersebut dikuasai para buruh yang menggunakan sepeda motor. Sesampai di depan Kantor

10.00 Wita

Gubernur Banten, para buruh menuntut Gubernur Ratu Atut Chosiyah merevisi upah minimum kota/kabupaten (UMK) 2012 dari Rp1.381.000 menjadi Rp1.529.150 per bulan. Mereka juga mendesak Ratu Atut untuk menghapus sistem kerja kontrak dan alih daya (out sourcing). Jika tuntutan mereka tidak dapat dipenuhi gubernur, para buruh mengancam akan melakukan aksi yang lebih besar pada 11 Januari 2012, yang bertepatan dengan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten terpilih, Ratu Atut Chosiyah dan Rano Karno. ‘’Jika tuntutan tidak dipenuhi, kami akan berunjuk rasa saat

pelantikan nanti,” ujar Maman dari Forum Solidaritas Buruh Nasional (FSBN). Agar tuntutan tersebut dipenuhi, ribuan buruh itu sengaja menginap di depan kantor gubernur. Para buruh memilih bermalam di sepanjang badan Jalan Brigjen Sama’un dan Jalan Veteran. Kedua jalan protokol itu terpaksa ditutup sementara. Mereka juga membuat mimbar bebas untuk berorasi. Aksi buruh tersebut telah memacetkan seluruh jalan protokol di Serang karena polisi melakukan pengalihan kendaraan di dua jalan tersebut. Kantor Gubernur Banten yang berlokasi di Jalan Brigjen

Lewoleba, NTT

Sama’un dijaga ketat oleh 1.100 personel gabungan Polri dan TNI. ‘’Ada 1.000 personel Polri dan 100 dari TNI,’’ ujar Kapolda Banten Brigjen Eko Hadi Sutedjo. Sejumlah kendaraan perintis juga berjaga di halaman kantor gubernur. Sebanyak 3 mobil water canon, 2 mobil baracuda, dan kawat berduri sudah tersebar di halaman kantor gubernur. Wakil Gubernur Banten HM Masduki sempat mengajak dialog dengan memanggil 15 buruh dari berbagai elemen. Namun, hasil dialog membuat buruh marah karena tuntutan mereka baru akan dikaji. (WB/N-3)

11.10 Wita

Mereka memprotes rencana Bupati Seno Samudra yang dianggap tidak memikirkan rakyatnya.” ini warga Kedung Ombo masih hidup miskin dan tinggal di sabuk hijau, tanpa kejelasan kapan akan dipindahkan ke tempat lebih layak dan sejahtera,’’ ujar Endro, salah satu warga Waduk Kedung Ombo saat berdemo di kantor halaman Pemkab Boyolali. Endro menambahkan, biaya ratusan miliar tersebut diambil dari dana alokasi umum APBD yang berdasarkan perundangan yang ada seharusnya untuk pembangunan infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan. Dalam aksi demo yang dijaga aparat polisi dan Satpol PP itu, para pengunjuk rasa menggelar aksi teatrikal bertinju. Hal itu menggambarkan sikap bupati yang keras dan tidak berkompromi untuk berdialog. Para pendemo dari Waduk Kedung Ombo didampingi LSM KAMI akan mengawal bupati agar bisa diajak dialog dan mengurungkan niat memindahkan kantor pemkab. (WJ/N-3)

Denpasar, Bali

Truk Terbalik, 1 Tewas

Dirut Bank Swadesi Jadi Tersangka

KECELAKAAN maut menimpa truk penumpang Vanesa nopol L9474 UB jurusan Lewoleba-Wulandoni, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, kemarin sore. Menurut saksi mata Thomas Aquinas, peristiwa nahas itu terjadi saat truk penumpang Vanesa bermuatan 10 orang dikemudikan Bala Ibrahim, 27, berjalan cukup perlahan di jalur Lewoleba-Wulandoni, karena kondisi jalan sangat buruk. Namun sampai di tikungan yang sempit dan bersebelahan dengan jurang sedalam 2 meter, Ibrahim tidak mampu mengendalikan laju kendaraan. Ban bagian kanan mobil terpeleset ke jurang dangkal. Truk perlahan-lahan terbalik dengan posisi menyamping. Aquinas menambahkan, Rizky kernet truk Vanesa, yang

POLDA Bali menetapkan Direktur Utama Bank Swadesi, Ningsih Suciati, sebagai tersangka tindak pidana perbankan. Dia diduga melakukan paksa lelang Vila Kozy di Seminyak, Bali. Polda Bali sudah menerbitkan surat pemberitahuan dimulainya penyidikan yang ditandatangani Direktur Reserse Kriminal Polda. Bahkan Polda Bali juga sudah menerbitkan surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) yang ditandatangani Direktur Reserse Kriminal Polda Bali Kombes Slamet Riyanto yang ditujukan kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Bali. Menurut Jacon Antolis, penasihat hukum Rita Kishore Kumar Pridhnani selaku pelapor, kasus itu bermula pada 2008 ketika pelapor Rita

MI/ALEXANDER TAUM

duduk di atap truk semula ingin menyelamatkan diri dengan masuk ke dalam truk. Namun, tubuhnya justru tertindih badan truk dan tewas seketika. Di lain hal, 10 penumpang lainnya mengalami luka-luka. Untuk mengevakuasi korban dari impitan truk, warga

dan penumpang yang selamat menggunakan kayu dan bambu untuk mengangkat tubuh Rizky. Polisi langsung membawa korban tewas ke RSUD Lewoleba untuk diautopsi. Di sisi lain, para penumpang yang mengalami luka-luka menjalani rawat jalan. (PT/N-3)

Kishore Kumar Pridhnani selaku penjamin atas fasilitas kredit debitur atas nama PT Ratu Kharisma, meminjam uang kepada Bank Swadesi Denpasar dengan total plafon Rp10,5 miliar. Pinjaman itu untuk perluasan usaha dengan jaminan tanah dan bangunan Vila Kozy. Pada awalnya kewajiban membayar utang cukup lancar, tetapi belakangan sering tertunda. Namun, pihak bank tidak memberikan solusi bagaimana nasabahnya bisa menyelesaikan utang. Sebaliknya, Bank Swadesi memvonis pailit sehingga vila yang menjadi jaminan dilelang paksa dengan harga di bawah limit. Pemenang lelang Sugiharto Raharjo yang diduga adik sang dirut. (RS/N-3)

Pembalakan masih Marak di Kalsel 12.00 WIB

Belawan, Medan

Terinfeksi WSSV Udang Asal Malaysia Dipulangkan

MI/ARIS MUNANDAR

PRAKTIK pembalakan dan penambangan liar masih marak di Kalimantan Selatan. Sepanjang 2011, polda telah memberangus 61 kasus pembalakan hutan dan 52 kasus penambangan liar. “Kasus penebangan dan perniagaan kayu secara ilegal banyak terjadi di wilayah kaki Pegunungan Meratus, di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Tabalong, Tanah Laut, dan Kotabaru. Adapun praktik tambang ilegal di Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru,” kata Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Syafruddin, di Banjarmasin, kemarin. Dari jumlah kasus itu, polisi menangkap 54 tersangka pembalakan dan 24 tersangka penambangan liar. Gubernur Rudy Ariffin mengakui sulitnya memberantas praktik kejahatan itu, karena kewenangan perizinan ada di tangan bupati. (DY/N-2)

SEBANYAK 13.040 kilogram udang impor asal Malaysia yang masuk ke Pelabuhan Belawan, Medan, dipulangkan kembali (reekspor) oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Penyebabnya, udang-udang itu terinfeksi penyakit white spot syndrome virus (WSSV). Penyakit WSSV merupakan hama penyakit ikan karantina golongan I. Udang yang diimpor PT Sari Ayuwindu Semesta itu mulai masuk Pelabuhan Belawan pada 12 Desember lalu. Udang tersebut dikemas dalam 3.730 karton dan dikirim lewat satu kontainer. “Dalam reekspor udang satu kontainer asal Malaysia ini, petugas Stasiun Pengawasan

Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) bersama petugas Karantina Ikan melepas Kapal Reunion Voyage 11A3 berangkat dari Pelabuhan Belawan dengan tujuan Pelabuhan Penang Malaysia. Dan kami awasi dengan kapal pengawas KKP,” jelas Dirjen PSDKP Syahrin Abdurrahman. Reekspor dilaksanakan 27 Desember lalu, berpegang pada Kepmen KP Nomor 03 Tahun 2010 tentang penetapan jenis-jenis hama dan penyakit ikan karantina, golongan dan sebarannya. Petugas karantina menemukan hama penyakit WSSV yang berbahaya bagi kesehat an. (RO/N-3)

14.20 WIB

Solo, Jawa Tengah

Dua Raja Harus Melakukan Rekonsiliasi PERPECAHAN di tubuh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat harus disatukan lagi melalui rekonsiliasi dua raja yang berkuasa. Usulan itu dikemukakan juru bicara keluarga Keraton Surakarta KRH Bambang Pradotonegoro, kemarin. ‘’Rekonsiliasi merupakan jalan terbaik untuk menyelamatkan keraton. Kami mengharapkan kedua raja itu segera bertemu dan membicarakan masa depan keraton,’’ kata Bambang. Sebagaimana diketahui, setelah Paku Buwono XII mangkat pada 2004, dua putranya naik takhta sebagai penerus dengan gelar Paku Buwono XIII. Yakni, Hangabehi dan Tedjowulan. Masing-masing mengklaim sebagai ahli waris takhta yang sah.

Bambang optimistis dualisme kepemimpinan Keraton Surakarta bisa diselesaikan dan berbagai masalah di dalamnya bisa teratasi. Saat ini, Keraton Surakarta menghadapi banyak masalah. Secara sik, bangunan-bangunan keraton

banyak yang rusak dan perlu segera direhabilitasi. Dana bantuan dari pusat, Provinsi Jateng, maupun Pemkot Surakarta sering tersendat karena adanya dualisme kepemimpinan di keraton. (WJ/N-3)

MI/USMAN ISKANDAR

P OP KOMUNITAS

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

13

Ngadu Ide

Belajar dari Ahlinya TUKAR PIKIRAN: Anggota komunitas Ngadu Ide bertukar pikiran dalam berbagai forum yang diselenggarakan.

DOK. NGADU IDE

DOK. NGADU IDE

Entrepreneurship di kalangan muda jadi tren. Namun, harus belajar di mana?

CHRISTINE FRANCISKA

S

ETELAH keluar sebagai runner-up dalam Kontes Rencana Bisnis Kreatif pada Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2010, Ivan Kurniawan dan dua temannya sempat kebingungan. Menjalankan ide bisnis yang mereka buat itu tak semudah kelihatannya. “Saat menang memang euforianya besar, tapi setelah itu kita baru sadar banyak kerikil dalam mewujudkan bisnis ini,” kata Ivan. Ketika dinamai Lazuli Sarae, ide bisnis Ivan memang terkesan segar. Dengan memadukan moderintas perkotaan dan nilai budaya lokal, mereka menciptakan konsep busana batik on denim. Kesulitan paling besar bagi Ivan ialah masalah produksi dan pemasaran. Maklum, dari ketiga pencetus ide itu, tak ada satu pun yang pernah belajar tentang bisnis di sekolah. “Kita belum bisa menentukan strategi dan jalur operasional yang baik. Belum lagi banyak perbedaan pendapat yang membuat kita susah ambil keputusan,” katanya.

Untungnya, Kontes Rencana Bisnis Kreatif yang dimenangi Lazuli Sarae mempertemukan mereka dengan mentor bisnis Ben Wirawan yang sudah terkenal dengan bisnis kaus Mahanagari di Bandung. Setelah ditemani mentor, Ivan merasa sangat terbantu. “Seperti teman curhat, mereka bisa kasih masukan yang baik buat bisnis kita. Lagi pula, kita enggak bakal tahu ide kita bagus atau tidak kalau enggak di-share ke orang lain.” Di sisi lain, Ben Wirawan memang bisa disebut sebagai mentor berpengalaman. Bagaimana tidak? Di sela kegiatannya berbisnis, Ben banyak diminta untuk menjadi mentor di sana-sini. “Satu minggu bisa tiga kali ketemu orang yang berbeda-beda.” Setelah menyadari kebutuhan akan pendampingan dan wadah berbagi tentang bisnis, Ben dan beberapa kawan, termasuk Ivan, menggagas sebuah komunitas kumpul bisnis bernama Ngadu Ide. Kata Ngadu sendiri diambil dari singkatan Ngobrol Asik Dunia Usaha. “Saya pikir wadah ini penting karena dulu pun saya merasakan bahwa membangun

DOK. NGADU IDE

bisnis itu tidak mudah. Saya sampai bela-belain bolak-balik Jakarta-Bandung hanya untuk tanya kepada yang sudah pengalaman,” jelas Ben. Banyak peminat Ajang kumpul-kumpul Ngadu Ide dimulai pada September lalu di Warung Kopi Waddaddah Bandung. Tak disangka, peserta yang datang membeludak hingga lebih dari 100 orang. Kebanyakan ialah anak muda yang ingin atau sedang merintis bisnis secara mandiri. “Karena gratis, kita tidak bisa memprediksi berapa banyak orang yang datang. Sepertinya bisnis sekarang menang jadi tren di kalangan anak muda karena pertemuan berikutnya pasti selalu penuh,” kata Ben. Dalam acara Ngadu Ide ini,

berbagai tema dibahas, misalnya aneka ria permodalan hingga langkah-langkah persiapan dalam membangun bisnis baru. Selain itu, ada Teras Ide yang menyediakan tempat bagi pengusaha muda membuka stan dan memperkenalkan produk mereka. Terakhir, acara ini ditutup sesi Unjuk Kabisa yang menampilkan hiburan musik atau stand-up comedy. Ivan mengaku banyak mendapat manfaat dari acara itu. Selain mendapat mentor yang tepat, ia dapat berjejaring dengan banyak pengusaha muda seperjuangan. Tak jarang, ia pun bisa mendapat pelanggan dari ajang itu. “Enaknya juga bisa dapat prospek partner. Kalau kita butuh penjahit atau rekan bisnis, kita gampang carinya karena semua sudah berjejaring,” katanya.

Ben pun mengaku cukup takjub dengan respons peserta dan ide-ide bisnis yang mereka keluarkan. Dari acara itu ia menjadi tahu berbagai usaha yang menarik dari digital printing tiga dimensi hingga produk rendang yang tahan lama. Anehnya, dari berbagai curhat bisnis yang terjadi di wadah itu, Ben menemukan keluarga jadi persoalan utama. “Justru hambatan terbesar bukan dari modal, melainkan sepu tar keluarga. Banyak orangtua yang meragukan dan bahkan keberatan kalau anak mereka mau mencoba bisnis sendiri,” katanya. Crowd-funding Ben dan kawan-kawan tidak mau Ngadu Ide berhenti sebagai wadah kumpul saja. Nantinya, mereka berharap akan

menciptakan wadah yang dapat mempertemukan pengusaha dan investor. Dengan begitu, pebisnis muda yang memiliki ide bagus dapat mengembangkan usahanya lebih baik. Permodalan dalam konteks itu pun tak melulu hadir lewat pihak perbankan, tapi juga dari masyarakat yang ingin berinvestasi. Ben mengistilahkannya sebagai crowd-funding karena banyak orang bisa berinvestasi pada usaha yang menurut mereka punya potensi. Inspirasinya datang dari situs crowd-funding Kickstarter.com dan Indiegogo.com. Di situs itu, sebuah proyek lm bahkan bisa didanai campur tangan orang banyak lewat sumbangan yang beragam. Hal itu membuktikan modal bukan hanya dikuasai kaum kapital, melainkan juga masyarakat banyak. Namun, Ben sadar bahwa sistem daring belum tepat diterapkan pada sistem permodalan di Indonesia. “Makanya kita pelan-pelan bikin wadah permodalan ofine dulu. Kalau sistem online sudah siap, kita ingin sekali membuat proyek seperti Kickstarter itu.” (M-6) christine@mediaindonesia.com

14

I NTERNASIONAL

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

Selat Hormuz Ditutup, AS Siap Bertindak Gangguan terhadap jalur kapal yang melalui Selat Hormuz akan memantik pertikaian serius. HERYADI

A

MERIKA Serikat memperingatkan Iran untuk tidak menutup jalur pelayaran di Selat Hormuz. Washington menegaskan tidak akan menoleransi tindakan tersebut dan siap bertindak untuk membebaskan salah satu jalur pelayaran minyak terpenting di dunia itu. “Ini tidak hanya persoalan penting bagi keamanan dan stabilitas di wilayah itu, tapi juga merupakan urat nadi kehidupan bagi negara-negara di Teluk, termasuk Iran,” ungkap sekretaris pers Departemen Pertahanan AS, George Little. “Gangguan terhadap transit atau jalur kapal yang melalui Selat Hormuz tidak akan ditoleransi,” tegasnya, kemarin. Peringatan senada juga dilontarkan Armada Ke-5 Angkatan Laut AS yang memiliki pangkalan di Bahrain. Juru bicara Armada Ke-5 Letnan Rebecca Rebarich mengatakan armadanya siap menangkal aksi-aksi gangguan terhadap kebebasan pelayaran. Meski telah mengeluarkan peringatan kepada Iran, juru bicara Armada Ke-5 tidak menjelaskan apakah armadanya telah meningkatkan kesiagaan. Peringatan dilontarkan Washington sebagai respons atas

REUTERS/HAMED JAFARNEJAD

LATIHAN PERANG: Seorang personel militer Iran berpartisipasi dalam latihan perang Velayat-90 di Laut Oman dekat Selat Hormuz, sebelah selatan Iran, Rabu (28/12). ancaman Teheran yang akan menutup jalur pelayaran itu jika ekspor minyaknya diembargo. Sehari sebelumnya, Rabu (28/12), Panglima Angkatan Laut Iran Laksamana Habibollah Sayyari mengancam akan mencegat kapal-kapal minyak yang melalui selat tersebut sebagai balasan jika Barat memberlakukan embargo terhadap ekspor minyak mentah ‘Negeri para Mullah’. “Menutup Selat Hormuz

Kekerasan Tetap Berlanjut di Suriah KEKERASAN terhadap demonstran oleh aparat terus berlanjut kendati tim peninjau dari Liga Arab sedang melakukan pemantauan di Suriah saat ini. Tim peninjau juga mengunjungi Kota Homs untuk melihat langsung kondisi di lapangan. Seakan tidak peduli dengan keberadaan tim peninjau dari Liga Arab, tidak jauh dari Homs terjadi penyerangan represif oleh tentara pemerintah terhadap ratusan pengunjuk rasa yang tidak bersenjata di Kota Hama, Rabu (28/12). Saleh Abu Kamel, seorang pengunjuk rasa di Hama, mengatakan enam demonstran tewas dan puluhan lainnya terluka setelah aparat keamanan menyerang para demonstran. Sebelumnya, ratusan demonstran berusaha mendatangi Lapangan Assi untuk berunjuk rasa. Namun sebelum sampai di lapangan, tentara pemerintah berupaya membubarkan mereka dengan melepaskan tembakan dan gas air mata. Para aktivis mengatakan sedikitnya 39 orang telah terbunuh selama dua hari ke-

beradaan tim peninjau Liga Arab di Suriah. Tak pelak lagi, kelompok oposisi menilai kedatangan tim peninjau Liga Arab ibarat sebuah lelucon untuk menutupi aksi represif yang sedang terjadi. “Misi ini jelas sekali tanpa mandat, tanpa otoritas, dan tanpa gigi,” ujar tokoh oposisi dari Dewan Nasional Suriah, Ausama Monajed. Di sisi lain, pemimpin tim peninjau Liga Arab, Mohammed Mustafa al-Dabi, berjanji memaparkan fakta-fakta yang terjadi di Suriah. Selain itu, Dabi pun mengakui perlu melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengevaluasi kondisi, khususnya di Kota Homs yang menjadi basis perlawanan terhadap pemerintahan Presiden Bashar al-Assad. Dabi mengatakan kelompok pertama tim peninjau dari Liga Arab berjumlah 60 orang. Mereka dibagi menjadi empat kelompok. Selanjutnya, tim menyebar ke lima kota yang kerap terjadi unjuk rasa, yakni Homs, Hama, Idlib, Aleppo, dan Daraa. (AP/ DK/I-3)

adalah hal yang mudah bagi angkatan bersenjata Iran. Atau menurut warga Iran, hal itu lebih mudah daripada meminum segelas air,” ujar Sayyari kepada stasiun televisi berbahasa Inggris Press TV. “Namun, saat ini kami belum perlu menutupnya,” sambungnya. Selat Hormuz merupakan jalur minyak sangat penting karena menghubungkan para produsen minyak terbesar di Teluk, termasuk Arab Saudi,

dengan Teluk Oman dan Laut Arab. Selat itu juga memisahkan Oman dengan Iran. Rencana embargo diterapkan negara-negara Barat sebagai sanksi atas program nuklir Iran. Negara-negara Barat menuduh Teheran tengah mengembangkan senjata nuklir. Sebaliknya, Teheran menyangkal tuduhan itu dan menyatakan program nuklirnya untuk tujuan damai. Embargo ekspor minyak mentah oleh negara-negara Barat

bakal memukul keras ekonomi Iran. Sekitar 80% pendapatan negeri itu disumbangkan dari penjualan minyak. Para pengamat mengatakan angkatan laut Iran diperkirakan akan mampu menandingi kekuatan Armada Ke-5 AL AS yang memiliki lebih dari 20 kapal, sejumlah pesawat tempur, 15 ribu personel di kapal, dan 1.000 personel di darat. Pertikaian serius bisa terjadi di selat yang dilalui lebih dari

10 juta barel minyak per hari itu jika Iran melaksanakan ancamannya tersebut. Meski Arab Saudi sebagai produsen minyak terbesar siap menggenjot produksi mereka untuk mengantisipasi embargo Barat terhadap minyak Iran, persoalan pengiriman bakal terkendala penutupan jalur tersebut. Ancaman Iran telah menaikkan harga minyak di pasar internasional meski kemudian kembali turun tipis. “Ancam-

an Iran untuk menutup Selat Hormuz memengaruhi pasar minyak kemarin. Namun, efek tersebut berkurang karena itu hanya ancaman kosong. Mereka tidak akan mampu menghentikan jalur itu untuk waktu lebih lama karena militer AS berada di kawasan itu,” ungkap Thorbjoern Bak Jensen, analis minyak dari Global Risk Management. (AP/Reuters/I-5) heryadi@mediaindonesia.com

Kim Jong-un Resmi Pimpin Korut TUNDUKKAN KEPALA: Pemimpin baru Korut, Kim Jong-un (ketiga dari kiri), dan kepala pemerintah sementara, Kim Yongnam (keempat dari kiri), mengheningkan cipta pada prosesi pemakaman mendiang pemimpin Korut, Kim Jong-il, di Pyongyang, Korut, kemarin. AP/TEL

PU PUTRA bungsu mendiang Kim Jong-il, Kim Jong-un, resmi Jo dinyatakan sebagai Pemimpin di Besar Korea Utara sehari setelah Be prosesi pemakaman Jong-il. pr Saat berdiri di balkon Gedung Kajian Rakyat Agung du yang mengarah ke Lapangan ya Kim Il-sung, Kim Jong-un Ki kerap menunduk. Pria berusia ke sekitar 20 tahun itu diapit para se petinggi Partai Pekerja dan pepe

jabat militer, termasuk Kepala Staf Angkatan Bersenjata Ri Yong-ho serta paman dan bibinya, yaitu Jang Song-thaek dan Kim Kyong-hui. Keduanya merupakan mentor Jong-un hingga dia berusia matang. “Kamerad Kim Jong-un yang terhormat ialah pemimpin besar partai kita, militer, dan negeri ini yang mewarisi ideologi, kepemimpinan, karakter,

nilai-nilai, kegarangan, serta keberanian kamerad agung Kim Jong-il,” cetus Kim Yongnam, Kepala Presidium Majelis Rakyat Agung, di hadapan ratusan ribu rakyat Korut yang berdiri di tengah suhu -10 derajat celsius. Sejumlah pengamat menilai pernyataan itu merupakan pengumuman resmi rezim baru Korut mengenai pengalihan

kekuasaan. “Ini jelas sebuah acara untuk mengonfirmasi dan mengukuhkan status Kim Jong-un secara publik,” ungkap Jeung Young-tae, seorang analis dari Institute for National Unication di Seoul, Korea Selatan. Bersamaan dengan pengukuhan Kim Jong-un, Korut juga dinilai telah memulai pembangunan kultus dan mitos terhadap sosok Kim Jong-il.

Dalam pidatonya, Kim Yongnam menyanjung peran Jong-il dalam membangun ‘Negeri Stalinis’ itu. “Pemimpin Agung Kim Jongil meletakkan dasar bagi rakyat kita untuk hidup sebagai orang merdeka dari sebuah kekuatan militer kelas dunia dan negara berkekuatan nuklir.” Lebih lanjut, Yong-nam bertutur mengenai peran Jong-il dalam raihan ekonomi Korut serta kebijakan songun alias prioritas terhadap militer. Soal militer Korut, Larry Niksch yang meneliti persenjataan Korut bagi Dinas Kajian Kongres AS selama 43 tahun, meyakini kemampuan militer negara itu tidak bisa diremehkan. Menurutnya, Kim Jongun mewarisi kekuatan nuklir mumpuni yang sedemikian canggihnya bisa menyaingi negara-negara Barat dalam beberapa tahun mendatang. Dengan persenjataan sekuat itu, pertanyaannya adalah apakah Kim Jong-un punya sifat keji seperti mendiang ayah dan kakeknya untuk melanggengkan dinasti warisan? “Ini bisa terjawab seiring waktu,” kata Sung-Yoon Lee dari Tufts University. (Jer/AP/Reuters/I-2)

Chavez Tuding Amerika Sebar Kanker PRESIDEN Venezuela Hugo PR Chavez mengeluarkan suatu Ch spekulasi kontroversial bebesp rapa saat setelah tersiar kabar rap bahwa Presiden Argentina Crisba tina Fernandez masuk daftar tin deretan presiden kawasan Amede rika Selatan yang menderita rik kanker. Pria beraliran kiri itu ka menilai Amerika Serikat (AS) me telah membuat para pemimpin tel Amerika Latin menderita peAm nyakit kanker. ny Chavez sendiri telah menjalani operasi pada Juni lalu jal untuk membuang tumor dari un panggulnya. Namun, ia menepa kankan bahwa pernyataannya ka bukanlah menuduh, melainkan bu justru berpikir jernih. jus “Ini tidaklah aneh jika mereka (AS) mengembangkan teknolo(A gi yang menyebarkan kanker dan tidak seorang pun tahu da

hal ini sampai sekarang... Saya tidak tahu. Saya hanya merefleksi,” ucap Chavez kepada para personel militer Venezuela di sebuah pangkalan militer di ibu kota Karakas, kemarin. “Ini memang sangat, sangat aneh. Memang sulit untuk menjelaskannya dan memberi alasan ini, termasuk menggunakan hukum probabilitas,” paparnya. Chavez, Fernandez, Presiden Paraguay Fernando Lugo, Presiden Brasil Dilma Rousseff, dan mantan pemimpin Brasil Luiz Inacio Lula da Silva telah didiagnosis menderita kanker. Semua pemimpin negara tersebut dikenal berideologi kiri, termasuk tokoh komunis yang kerap mengkritik kebijakan luar negeri AS, Fidel Castro, 57. Acap kali dia mengejek Washington dengan sebutan

REUTERS/HOLGER BENNEWITZ

KUNJUNGAN: Presiden Venezuela Hugo Chavez (depan) berbicara saat berkunjung ke proyek perumahan di Caracas, Rabu (28/12). Ia menuduh AS menyebarkan kanker kepada para pemimpin Amerika Latin. ‘Kekaisaran Yankee’. “Fidel sering mengatakan kepada saya, ‘Chavez jaga kese-

hatan’. Orang-orang ini (AS) telah mengembangkan teknologi. Kamu sangat ceroboh. Perha-

tikan apa yang kamu makan, apa yang mereka berikan pada kamu saat makan.. sebuah jarum kecil dan mereka menyuntikkan pada kamu. Saya tidak tahu apa itu,” papar Chavez. Mengenai Presiden Argentina Cristina Fernandez, para dokter mengatakan mantan ibu negara itu memiliki peluang besar untuk sembuh. Ia juga tidak perlu menjalani kemoterapi atau radioterapi. Hasil diagnosis telah dipublikasikan, Selasa (27/12). Akibat kasus Fernandez, Chavez mengingatkan para pemimpin regional lainnya agar waspada agar kanker tidak turut menjangkiti sekutu dekatnya, Presiden Bolivia Evo Morales. “Kami harus memberi perhatian kepada Evo. Jaga kesehatan Evo!” cetusnya. (Drd/ Reuters/I-5)

J AGAT

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

ON THIS DAY

06.48 WIB

1922: Uni Soviet Terbentuk PASCAERA revolusi Rusia, Uni Soviet yang merupakan konfederasi yang terdiri dari Rusia, Belarus, Ukraina, Federasi Transkaukasia terbentuk. Uni Soviet merupakan penerus kekaisaran Rusia dan menjadikannya yang pertama menggunakan paham sosialis Marxist. Awal terbentuknya disebabkan semakin kuatnya partai-partai komunis yang kemudian menguasai pemerintahan. Uni Soviet makin kuat satu dekade kemudian dan total menguasai 15 republik, setelah di awal hanya menguasai 6 republik. Namun pada 1991, Uni Soviet terpecah belah setelah pemerintahan komunisnya jatuh.

1937: Gordon Banks Lahir

WIKIPEDIA

GORDON Banks adalah mantan penjaga gawang legendaris Inggris. Selama bermain untuk sejumlah klub Inggris, antara lain Chesterfield, Leicester City, Stoke City, dan Fort Lauderdale Strikers, ia turut memperkuat tim nasional Inggris di Piala Dunia 1966 dan 1970. Pencapaian tertinggi kariernya adalah ketika ia berhasil membawa the Three Lions, julukan tim nasional Inggris, menjuarai Piala Dunia 1966 yang berlangsung di negeri Ratu Elizabeth tersebut. 30 Desember l History l Dok MI

Yangon, Myanmar

09.28 WIB

Ledakan Tewaskan Belasan Warga S

ETIDAKNYA 17 orang tewas dan 108 lainnya cedera dalam ledakan di sebuah daerah industri di pinggiran timur Kota Yangon, kemarin. “Banyak dari mereka yang tewas terkena pecahan puing-puing dinding dan batu yang terlempar ke jalanan karena ledakan,” ungkap Maung Win, 45, warga Yangon. Sumber dari Kementerian Perumahan Myanmar mengatakan enam petugas pemadam kebakaran juga ikut menjadi korban tewas. Sebagian besar korban tewas dan cedera dibawa ke Rumah Sakit Umum Yangon. Selain menimbulkan korban jiwa, ledakan itu menghanguskan 16 gudang, sebuah biara Buddha, dan 76 rumah di Mingalar Taung Nyunt di timur Kota Yangon. Beberapa saksi mata menyatakan kebakaran dimulai dari gudang penyimpanan bahan kimia. Hal itu memicu ledakan besar yang kemudian merentet menjadi beberapa ledakan kecil. Kerasnya bunyi ledakan itu pun mencapai bagian timur dan tengah Kota Yangon. Pemadam kebakaran dari semua unit di Yangon berkumpul di tempat kejadian untuk ikut memadamkan api. Api pun dilaporkan telah menyebar hingga galangan kapal dan pabrik-pabrik yang berada di dekatnya. Gambar televisi lokal menunjukkan tim penyelamat membawa korban dengan tandu di sekitar bangunan yang rusak parah akibat kebakaran. Namun, polisi belum mau berkomentar mengenai penyebab ledakan dan kebakaran

REUTERS/SOE ZEYA TUN

RERUNTUHAN: Orang-orang berjalan di antara bangunan yang runtuh akibat ledakan di Yangon, Myanmar, kemarin. Dalam ledakan itu, sebanyak 17 orang tewas dan 108 lainnya terluka. itu. “Ada banyak korban. Kami tidak dalam posisi untuk memberi keterangan lebih lanjut kepada Anda. Kami masih mencari tahu soal ini,” ujar petugas polisi dari kantor polisi Mingalar Taung Nyunt. Lepas dari insiden itu, pemerintah Myanmar sepakat untuk meningkatkan kerja sama bilateral dengan pemerintah Indonesia, termasuk bantuan untuk proses reformasi dan demokratisasi di Myanmar. Hal itu dilakukan dalam pertemuan

Banyak dari mereka yang tewas terkena pecahan puing-puing dinding dan lempengan batu yang terlempar ke jalanan karena ledakan.’’ Maung Win Warga Yangon

Menteri Luar Negeri Myanmar U Wunna Maung Lwin dengan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa dalam rangka forum Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) RI–Myanmar di Yangon. Dalam pertemuan itu, pemerintah Indonesia menawarkan berbagai bantuan teknis dan pengembangan kapasitas kepada Myanmar, antara lain di bidang tata kelola pemerintahan, penguatan demokrasi dan HAM, serta pertahanan.

Mengenai isu-isu regional dan global, menlu kedua negara sepakat akan mempertahankan perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Timur dan Asia Pasik, serta memajukan kerja sama ASEAN. Dalam pertemuan yang menandai 62 tahun hubungan RI-Myanmar, kedua menlu menegaskan kembali komitmen bersama untuk mencapai target nilai perdagangan bilateral US$500 juta pada 2015. (*/ Reuters/AP/I-5)

15

Mexico City

Aparat Gerebek Jaringan Kartel Terbesar APARAT Meksiko menangkap pengedar narkoba kelas kakap, Luis Rodriguez Olivera, 39. Pria yang dikenal sebagai El Guero alias ‘si Bule’ itu, diduga kuat berhubungan dekat dengan jaringan kartel narkoba paling dicari, kartel Sinaloa pimpinan Joaquin ‘Shorty’ Guzman. Polisi Federal Meksiko mengatakan Rodriguez Olivera dan saudara-saudaranya bertanggung jawab atas perdagang an kokain ke Amerika Serikat pada 1996 hingga 2008 untuk geng Guzman. Dalam daftar pencarian orang di laman daring Deplu AS, Rodriguez Olivera dan saudara-saudaranya berpisah dengan kartel Sinaloa sekitar 2005. Kemudian mereka menjalin hubungan yang kuat dengan saingan Guzman, kartel Zetas. Sumber intelijen resmi mengungkapkan, pria yang dihargai penangkapannya oleh pemerintah AS sebesar US$5 juta itu memang memiliki hubungan dengan Guzman. Namun, baru-baru ini dia memutuskan keluar sendiri. Dengan penangkapan itu, Meksiko telah menangkap tiga pengedar senior yang bersekutu dengan Guzman dalam tiga bulan terakhir. Tidak berhenti sampai Rodriguez, pemerintah mengatakan mereka telah menahan delapan kontainer yang membawa lebih dari 120 ton monomethylamine (bahan pembuat kokain dan heroin) di Pelabuhan Pasifik Lazaro Cardenas di Negara Bagian Michoacan. Itu merupakan penyitaan narkoba terbesar kedua minggu ini. Nilainya bisa mencapai lebih dari US$300 juta. (*/Reuters/I-5)

2011, Jembatan Menuju Tahun Emas Setelah mentransformasi diri besar-besaran di 2010, PLN memasuki 2011 dengan penuh optimis. Berbagai upaya lanjutan dilakukan sepanjang tahun ini untuk meletakkan dasar menuju tahun emas yang ditargetkan terjadi pada 2012. Setelah isu krisis listrik lewat dan pasokan listrik cukup, langkah selanjutnya meminimalisir gangguan trafo & penyulang yang selama ini menjadi momok dan menimbulkan pemadaman listrik di sisi pelanggan. Kecukupan listrik semakin mantap dengan masuknya beberapa pembangkit 10.000 MW tahap 1 yaitu pada Oktober 2011 PLTU Indramayu Jawa Barat 3x330 MW, menyusul PLTU Suralaya Baru 1x625 MW dan PLTU Lontar di Banten unit 1 315 MW pada Desember 2011. Tahun ini masuk juga PLTU Tanjungjati B ekstensi di Jawa Tengah unit 3, 660 MW. PLN berusaha terus meningkatkan angka rasio elektrikasi, berbagai terobosan diupayakan untuk menjangkau saudara-saudara kita yang belum berlistrik. Salah satunya adalah memanfaatkan energi matahari untuk melistriki pulau terpencil dan terluar. Sepanjang 2011 ini angka rasio elektrikasi meningkat dari 67% menjadi 72%. Mengantisipasi pertumbuhan permintaan listrik yang mencapai rata-rata 9% per tahun. PLN mulai menggarap proyek percepatan 10.000 MW tahap 2. Tahun ini PLN juga berhasil melelang proyek raksasa PLTU Jawa Tengah 2x1000 MW. Proyek ini sebentar lagi akan dimulai pengerjaannya. Inilah proyek pertama dengan skema kemitraan Pemerintah dan swasta (public private partnership). Pola ini dijadikan model yang akan diikuti proyek-proyek infrastruktur lainnya. PLN juga menuntaskan antrian daftar tunggu permintaan listrik dengan menggelar Gerakan Sehari Sejuta Sambungan (GRASSS) jilid 2 pada 17 Juni 2011. Dengan demikian tidak ada lagi orang menunggu untuk mendapatkan listrik. Setiap permintaan listrik langsung diproses. Di bidang pelayanan, inovasi terus dilakukan. Call center PLN 123 sudah bisa melayani daftar pasang baru, tambah daya dan layanan lainnya melalui telepon. Masyarakat yang perlu listrik juga bisa mendaftar melalui internet di www.pln.co.id. Layanan ini mendapat pengakuan dan dianggap sebagai pelayanan publik paling inovatif pada Anugerah BUMN 2011 dari majalah BUMN Track. Di ajang yang sama layanan Listrik Prabayar juga mendapat penghargaan sebagai Inovasi produk jasa BUMN terbaik. Untuk menunjang akurasi pengukuran pemakaian listrik, PLN secara bertahap mengganti kWh meter tua (usia > 20 tahun). Pencanangan penggantian kWh meter tua dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Listrik Nasional ke-66, 27 Oktober 2011. Tahun ini PLN mengganti 2 juta kWh meter tua dan akan dilanjutkan pada tahun berikutnya. Di sisi internal peningkatan kompetensi pegawai menjadi sasaran utama pembenahan. Mulai tahun ini PLN menerapkan sistem uji kompetensi online (Si UJO) bagi pegawai di seluruh Indonesia. Penerapan Si UJO dimaksudkan untuk memetakan kompetensi sebagai basis dalam pembinaan dan peningkatan kompetensi pegawai. Dengan semangat “Bekerja Bekerja Bekerja” yang kami canangkan sebagai jargon baru PLN, kami bertekad memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Tahun emas PLN 2012 yang telah diambang pintu siap kami lalui dengan mantap.

S ELEKTA

MEDIA INDONESIA | JUMAT, 30 DESEMBER 2011 | HALAMAN 16

Penegak EMMA WATSON Hukum Tindak Munculkan Tren Lanjuti Gaya Rambut Audit BPK GAYA rambut aktris Emma Charlotte Duerre Watson, 21, semakin mendunia dan berhasil menjadi tren. Karena itulah, surat kabar Wall Street Journal mendaulatnya sebagai Most Inuential Haircuts of the Year. Surat kabar itu mendaulat Watson yang baru saja meluncurkan lm terbarunya, My Week with Marilyn, bulan lalu, karena popularitas gaya rambutnya. Pemeran Hermione Granger dalam sekuel Harry Potter (2001-2011) itu berhasil mengalahkan aktris senior Jennifer

HASIL audit forensik Badan Pe meriksa Keuangan (BPK) atas kasus Bank Century akan ditindaklanjuti njuti Polri, KPK, dan Kejaksaan Agung. Perwakilan tiga institusii itu telah mengunjungi BPK, kemarin pagi. “Mereka menyatakan komitmen untuk k menindaklanjuti tin dakan pidana umum dan korupsi dalam lam temuan audit investigasi lanjutan BPK atas kasus Bank k Century,” kata Ketua BPK Hadi Poernomo di Gedung BPK, K, kemarin. Mereka yang mengunjungi BPK ialah Wakapolri Komjen Nanan Soekar karna, Jaksa Agung Basrief Arief, f, Ketua KPK Abraham Samad, d, dan Wakil Ketua KPK Bambang ang Widjojanto.

MI/SUSANTO

Hadi Poernomo Ketua BPK Hadi menyatakan enyatakan dua informasi lain ain terkait dengan hasil audit forensik BPK bukan n merupakan te muan. Meski begitu, informasi tersebut ersebut bisa ditindaklanjuti juti penegak hukum. Sebelumnya, nya, dalam hasil pemeriksaan riksaan investigasi lanjutan njutan BPK menemukan n selama periode 2006-2009 2009 terdapat aliran dana ana dari SS dan SL, yang ng merupakan deposan an terbesar Century, melalui elalui PT IMA dan PT SMS S ke PT MNP sebesar Rp100,95 100,95 miliar. Wakil Ketua tua BPK Hasan Bisri menjelaskan elaskan bahwa sejak awal kedua deposan terbesar Bank nk Century itu sudah berusaha merekayasa erekayasa simpanan mereka. “Simpanan impanan dipecahpecah seolah-olah h-olah mereka tahu bank itu akan an tutup agar dananya selamatt semua.” BPK juga menemukan transaksi penukaran ukaran valas dan pemindahbukuan ukuan hasil penukaran valas tersebut dari HEW (yang diduga uga anggota DPR dari parpol ol besar) dan SKS (istri HEW) W) selama JanuariNovember 2007 sebesar US$125 ribu. Namun, un, Hasan mengatakan berdasarkan rkan klarikasi dari Bank Century, ury, keduanya tidak pernah menyerahkan yerahkan sik valas itu. “Tidak k ada motif apa-apa dan n kami tidak tahu kalau alau PT MNP berkaitan kaitan dengan Jurnas (Jurnal Na-sional),” lan-jut Hasan.. (ML/X-7)

Segudang Masalah Menumpuk di 2012

Aniston yang gaya rambutnya juga populer. ‘Bintang Harry Potter itu mendapatkan peningkatan pencarian tercepat untuk kategori potongan rambut selebritas di Google’, tulis Wall Street Journal. Watson mengubah gaya rambutnya yang semula panjang bergelombang setelah syuting lm terakhir Harry Potter tahun ini. Sejak penampilan pertamanya di muka umum, dengan gaya rambut model pixie, Emma pun menjadi pencipta tren di kalangan remaja. ‘Para penata rambut pun dibanjiri permintaan gaya potongan Watson, seperti halnya permintaan potongan pendek yang pernah tenar mengikuti gaya Demi Moore dalam lm Ghost’, tulis Wall Street Journal. Setelah film Ghost, gaya rambut pendek di kalangan perempuan pun tidak trendi lagi selama hampir dua dekade. Itu kembali menjadi fenomena setelah Watson memotong pendek rambutnya. Watson menyebut gaya rambutnya itu membuat dirinya merasakan kebebasan. “Terasa luar biasa. Saya menyukainya,” tukasnya. Selain sibuk dengan kuliah dan profesinya sebagai aktris, Watson pun kerap bekerja untuk mengampanyekan gaya hidup ramah lingkungan. Watson pun bergabung dengan People Tree sejak tahun lalu. “Aku pikir banyak anak muda seperti aku sangat peduli terhadap lingkungan dan kesejahtera an bagi mere ka yang miskin. People Tree telah memberi orang-orang pilihan. Semakin saya dapat membantu mempromosikan perdagangan yang adil dan pakaian or ganik, semakin besar kesempatan yang kita miliki sebagai gene rasi perubahan dan menyelamatkan pla net kita. Dari sebuah biji yang kecil,” kata Watson di situs pribadinya. (Digital Spy/ People/ DK/X-8)

Pertumbuhan ekonomi tak langsung menyentuh rakyat kecil. Angka pengangguran dan kemiskinan relatif tidak berubah. MIRZA ANDREAS

P

ERTUMBUHAN ek ekonomi di atas kertas ker menggemmemang mengge birakan, tetapi bub telah kan berarti pemerintah tel memmenorehkan raihan yang me sebaliknya, banggakan. Justru sebalikn persoalan masih segudang persoal yang belum terselesaikan. daKesimpulan itu tercetus d lam refleksi akhir tahun orNaganisasi kemasyarakatan N kantor sional Demokrat di kan Gondangdia, pusat mereka di Gondangd daJakpus, kemarin. Hadir d Nasional lam acara itu Sekjen Nasio Demokrat Syamsul Mu’arif, Mu’a Ketua Dewan Pertimbangan Pertimbang Edhy Nasional Demokrat Tedjo Ed Solahuddin Purdijatno, Soleh Solahudd

dan Thomas Suyatno (anggota), serta anggota Dewan Pakar Nasional Demokrat Lalu Sudarmadi. Menurut Nasional Demokrat, pertumbuhan ekonomi tersebut tak berdampak langsung pada kehidupan rakyat kecil. Angka pengangguran dan kemiskinan relatif tidak berubah. Kesenjangan di antara pelaku ekonomi pun masih menganga. Di sisi penegakan hukum, apa yang diamanatkan konstitusi juga jauh dari realitas. Kasus-kasus berdarah di Mesuji, Sumsel dan Lampung, serta Bima, Nusa Tenggara Barat, aksi bakar diri aktivis Sondang Hutagalung di depan Istana Negara, dan kekerasan di Papua menegaskan hal itu.

MI/RAMDANI

CATATAN AKHIR TAHUN: Ketua Dewan Pertimbangan Ormas Nasional Demokrat Tedjo Edhy Purdijatno (kiri) didampingi Sekjen Syamsul Muarif menyampaikan catatan akhir tahun di Jakarta, kemarin.

Kasus-kasus besar seperti megaskandal Bank Century, maa pajak, cek pelawat, dan lumpur Lapindo kian menambah daftar masalah yang mesti dituntaskan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono tahun depan. “Tahun 2011 bisa dibilang penyelenggaraan negara gagal. Sistem politik masih karutmarut dengan menjamurnya politik uang. Konsekuensinya, tahun depan akan lebih berat bagi pemerintah. Inilah yang mendasari prediksi bahwa pemerintah sekarang bisa selesai di 2012,” jelas Syamsul. Ia menyoroti konik-konik sosial di penghujung tahun sebagai akibat politik pembiaran. ‘’Indikasinya mudah dilihat. Ambil contoh aksi jahit mulut warga Riau belum lama ini. Mereka beraksi di Gedung DPR tidak digubris. Pindah ke depan istana pun masih diabaikan. Kenapa tidak segera diatasi? Kalau mahasiswa sudah ikut turun mendukung, yang terjadi nanti ialah konik yang lebih besar.’’ Menurut Lalu, penanggulangan kemiskinan harus menjadi fokus kebijakan pemerintah tahun depan. “Jangan hanya fokus ekonomi dan politik. Modal sosial harus dibangun. Jika tidak, susah untuk mengembalikan stabilitas ketika konik terjadi.’’ Soal kedaulatan pangan, Tedjo mengatakan swasembada pangan masih akan tetap menjadi angan-angan jika tidak ada penyeimbangan kebijakan. (*/X-16) mirza@mediaindonesia.com

Ribuan Hektare Sawah Terancam Puso akibat Banjir CURAH hujan yang cukup cuk tinggi selama sepekan ini mem dan nyebabkan jalan terputus d sawah ra tusan rumah serta saw terendam di sejumlah daerah terend bahkan banjir. Banjir di Jambi bahk menelan tiga korban jiwa. Te Di Kebumen, Jawa T 50-70 ngah, banjir setinggi 50hekcm yang merendam 195 h tare areal persawahan di Desa De Desa Sidobunder, Sidodadi, dan D Puring Madurejo di Kecamatan Puri menyebabkan padi berusia 30 hari terancam puso. cukup “Kerugian petani cuk besar karena biaya penggahektarenya rapan setiap hektaren sekitar Rp2,5 juta,” jelas Salud, Kepala Desa D keSidobunder, k Kemarin, di K bumen. Kepala Kepa dang Bida

Kerugian petani cukup besar, karena biaya penggarapan setiap hektare Rp2,5 juta.’’ Salud Kepala Desa Sidobunder Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah, Muhyidin, mengatakan pihaknya belum dapat memastikan berapa total luas areal persawahan yang digenangi banjir. Di Jambi, selain memakan tiga korban jiwa, banjir yang mengepung tiga kabupaten akibat meluapnya beberapa anak sungai di hulu Sungai Batanghari, menyebabkan 1.000 rumah dan ratusan hektare lahan pertanian terendam. Kondisi paling parah terjadi di Kecamatan Bathin III, Kabupaten Bungo. Sebanyak 500 rumah warga terendam air setinggi 30-50 cm. Di Kecamatan

Bebeko dan Bathin II, lebih 700 rumah warga masih digenangi banjir setinggi 30 cm. “Kita khawatir melihat mendung yang masih tebal. Banjir ini mungkin semakin memburuk,” kata Lurah Jaya Setia, Nel Suarti. Wakil Bupati Bungo Mashuri menambahkan pihaknya sudah menyiapkan bantuan obat-obatan dan makanan untuk para korban di daerah banjir. Sementara itu, meluapnya Sungai Sambas Kecil menyebabkan jalur menuju perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, terancam lumpuh akibat banjir setinggi 20 sentimeter. “Kalau air naik terus, jalanan tidak bisa dilewati kendaraan,” kata Wangga, penduduk Kecamatan Ledo. Jalan yang tergenang itu berada di jalur Ledo-Sanggau Ledo sepanjang 18 km. Jalur itu merupakan akses satu-satunya dari Bengkayang menuju perbatasan. (SL/AR/LD/X-8)

ONLINEE HARI INI

k

AP/EVAN AGOSTINI

lik!

mediaindonesia.com me edia aindonesia.com

Pengangkatan Implan Payudara Gratis

Dua Pesawat Tiba di Orbit Bulan

BACAAN FAVORIT

NEGARA memang harus bertanggung jawab atas kesehatan warga. Namun, Venezuela melakukan lebih jauh dari itu. Negara yang dipimpin Hugo Chavez tersebut menawarkan operasi gratis bagi perempuan untuk mengangkat implan payudara buatan Prancis yang bermasalah. Menteri Kesehatan Eugenia Sader, Selasa (27/12), mengatakan, “Perempuan dengan implan buatan Poly Implant Prothese (PIP) asal Prancis yang telah tutup dapat pergi ke rumah sakit untuk membuang implan tersebut. Pasien-pasien itu memiliki risiko,” kata Sader. Prosedur bebas biaya itu tidak termasuk mengganti implan. Itu dilakukan karena sistem kesehatan Prancis merekomendasikan perempuan dengan implan PIP mesti dioperasi ulang dan setuju untuk membayar untuk operasi. Di Brasil dan Argentina, pejabat kesehatan hanya merekomendasikan pemeriksaan.

PERHITUNGAN mundur menuju Tahun Baru untuk mencapai orbit bulan dimulai. NASA pada Rabu (28/12) mengatakan pesawat ruang angkasa kembar sedang menuju bulan setelah perjalanan selama 3,5 bulan. “Kami sedang dalam perjalanan ke sana,” kata manajer proyek David Lehman dari Jet Propulsion Laboratory yang mengelola misi tersebut dengan nilai US$496 juta. Pesawat GRAIL (Gravity Recovery and Interior Laboratory) tidak akan mendarat di permukaan bulan. Keduanya hanya mengikuti orbit untuk mempelajari medan gravitasi bulan yang tidak merata. GRAIL A dijadwalkan tiba pada malam tahun baru dan diikuti GRAIL B pada hari pertama tahun baru. Namun, anggota tim tidak akan merayakan tahun baru sampai kedua pesawat aman di orbit.

1

HACKER INCAR JADWAL KERETA API DARING JARINGAN nirkabel yang digunakan untuk menentukan arah lintasan kereta api, yaitu global system for mobile communicationsrailway (GSM-R), ternyata menjadi incaran peretas (hacker). Sebenarnya, GSM-R lebih aman daripada GSM pada ponsel. Namun, kemungkinan jaringan itu dapat diretas tidak tertutup. (Media Gadget)

2

MEMAHAMI UKURAN BAN DAN PELEK PELEK dan ban merupakan komponen yang tidak terpisahkan saat kita ingin mendandani mobil kesayangan. Keduanya memiliki motif dan desain yang sangat beragam sehingga kita harus pandai-pandai memadupadankan dengan gaya kendaraan. (Media Otomotif)

3

PERCANTIK DIRI DENGAN BAHAN ALAMI TAKUT dengan perawatan di salon yang terkadang menimbulkan efek samping membahayakan Anda? Tidak perlu khawatir. Saat ini banyak metode perawatan berbahan dasar alami yang dapat Anda gunakan saat bersantai di rumah. (Media Hidup Sehat)

REUTERS/BENOIT TESSIER

Presiden Asosiasi Bedah Plastik Brasil Jose Horacio Aboudib mengatakan, “Saya menyarankan pengangkatan implan hanya bagi pasien yang ingin. Saya tidak melihat perlunya semua orang untuk dioperasi.” Di Prancis, pemerintah membayar untuk operasi. Di Brasil, itu tidak dianggap sebagai masalah kesehatan publik. Jadi, pasien harus membayar kalau ingin dioperasi. (AP/OL-5)

AP/NASA, JET PROPULSION LABORATORY

Itu merupakan perjalanan panjang untuk pesawat ruang angkasa GRAIL yang hampir identik yang menempuh lebih dari 2,5 juta mil (3,22 juta km) sejak diluncurkan pada September. Setelah di orbit, pesawat akan menghabiskan dua bulan ke depan untuk memantapkan posisi mereka sebelum mulai mengumpulkan data pada Maret. (AP/OL-5)

E KONOMI | JUMAT, 30 DESEMBER 2011 | HALAMAN 17

EKONOMIKA Bank Indonesia Kaji Pembatasan Transaksi Tunai BANK Indonesia menyatakan masih akan mengkaji wacana yang digulirkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tentang pembatasan transaksi tunai Rp100 juta. Pembatasan tanpa kajian dikhawatirkan akan mengganggu roda perekonomian. Hal tersebut dicetuskan Deputi Gubernur BI Ronald Waas seusai pelantikannya di gedung Mahkamah Agung, kemarin. “Undangundangnya apa kita melarang orang untuk transaksi?” sergah deputi baru yang diproyeksikan akan membawahkan sistem pembayaran tersebut. Menurutnya, kajian mengenai efektivitas langkah tersebut untuk mengantisipasi tindak pidana pencucian uang dan perlu dilakukan. Sebab, jika salah langkah, justru kegiatan ekonomi bisa terganggu. “Jangan tahu-tahu nanti kegiatan ekonomi turun. Kita siap enggak dengan nontunai? Jadi dilihat,” tegasnya. Sebelumnya, PPATK menyampaikan saran pembatasan transaksi tunai Rp100 juta melihat kondisi pencucian uang saat ini yang banyak dilakukan lewat tunai. Demikian pula pada penyuapan dan korupsi. (GA/S-2)

PERLUASAN DERMAGA:

Aset Negara Rp1.338,7 Triliun Ditertibkan SAMPAI dengan 30 Juni 2011, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan berhasil menertibkan aset negara senilai Rp1.338,7 triliun melalui hasil inventarisasi dan penilaian terhadap barang milik negara (BMN). Dari jumlah tersebut, Rp49,56 triliun berupa persediaan, Rp1.265,09 triliun merupakan aset tetap, serta Rp24,05 triliun aset lainnya. Demikian diungkapkan Direktur Hukum dan Humas DJKN Purnama Sianturi melalui siaran pers, kemarin. Apabila dibandingkan dengan nilai BMN per 1 Januari 2011 yang sebesar Rp1.287,58 triliun, nilai BMN dalam waktu enam bulan pertama 2011 mengalami kenaikan sebesar Rp51,12 triliun atau 3,97%. “Sampai dengan 20 November 2011, sisa satker (satuan kerja) yang belum diinventarisasi dan dinilai pada K/L (kementerian/ lembaga) sebanyak 119 satker dari target 687 satker. Sebanyak 568 telah selesai, dan diharapkan selesai pada akhir 2011,” ungkap Purnama. DJKN juga bertanggung jawab atas pengelolaan aset. Dari target hasil pengelolaan aset sebesar Rp583,1 miliar pada APBN 2011 BJKN berhasil memperoleh Rp556 miliar hanya dalam semester I 2011. (ML/S-2)

RAJA Masuk ke Industri Hulu Minyak dan Gas Bumi PERUSAHAAN penyaluran gas PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) bakal melebarkan lini bisnis ke industri hulu minyak dan gas bumi. Perseroan mengincar pengoperasian tiga sumur lapangan migas di Pulau Jawa pada 2012 dengan format proyek berupa kerja sama operasi (KSO) migas dengan Pertamina. Direktur Operasional RAJA Priyo Saryanto Brodjonegoro mengatakan perseroan mengincar lapangan migas yang telah masuk tahap eksploitasi. Mekanisme akuisisi lapangan migas tersebut melalui tender dan pihaknya menargetkan Februari tahun depan sudah dapat diumumkan. Jika terealisasi, pihaknya akan mengebor hingga tiga sumur pada 2012. “Tahap pertama akan dimulai dengan sumur dangkal sekitar 300 meter dengan investasi 300 ribu-400 ribu per sumur,” lanjut Priyo dalam paparan publik, di Jakarta, kemarin. Sedikitnya satu sumur telah memulai produksi pada akhir 2012. Di sisi lain, sumur dangkal sisanya akan dibor pada 2013 sekaligus akan memulai sumur deep sedalam 2.300 meter dengan kebutuhan dana hingga US$2,5 juta. (WR/S-2)

ANTARA/IGGOY EL FITRA

Sejumlah kapal bersandar di kawasan Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Sumatra Barat, beberapa waktu lalu. PT Pelindo II akan menambah dua dermaga tongkang dan dermaga jetty untuk curah kering, serta terminal batu bara. Proyek itu ditargetkan rampung tahun depan.

Ruang Penurunan Suku Bunga Besar BI memperkirakan tidak perlu menunggu waktu lama sampai suku bunga kredit bisa sesuai keinginan Kadin, yakni pada 8%. GAYATRI SUROYO

B

ANK Indonesia (BI) be lum bisa memastikan untuk kembali memangkas suku bunga acuan atau BI rate walaupun inasi diperkirakan rendah tahun depan. Meski demikian, su ku bunga pinjaman masih bisa didorong ke tingkat yang diinginkan dunia usaha. Gubernur BI Darmin Nasution menjelaskan, tahun depan prediksi inflasi masih pada kisaran rendah dalam rentang 3,5%-5,5%. “Itu sudah termasuk kenaikan tarif (dasar listrik), belum termasuk pembatasan BBM (bahan bakar minyak) subsidi. Kalau itu dijalankan, perhitungan inasi akan bertambah sekitar 0,7%0,8%, sehingga inasi tahunannya akan berkisar di 5,2%-5,3%,” jelasnya seusai pelantikan Mu-

liaman D Hadad dan Ronald Waas sebagai Deputi Gubernur BI, di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, kemarin. Darmin menyatakan belum melihat ruang untuk memangkas BI rate kembali yang saat ini berada di 6%. Namun, secara terpisah, Deputi Gubernur BI bidang Pengawasan Perbankan dan Pengelolaan Moneter Halim Alamsyah mengatakan kondisi sekarang kondusif untuk mendorong suku bunga pinjaman turun, meskipun BI rate tidak turun. Kondisi yang dimaksud Halim merupakan inflasi yang ren dah, persepsi risiko yang turun, dan esiensi perbankan. Premi risiko terus turun bersama kenaikan peringkat utang Indonesia menjadi investment grade. Adapun efisiensi perbankan tengah digalakkan BI dengan memantau rencana bisnis bank (RBB) 2012.

Sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengeluhkan masih tingginya suku bunga kredit. Idealnya dunia usaha bisa meminjam dana dari perbankan dengan bunga 8%, bukan 14%-15% seperti saat ini (Media Indonesia, 29/12). Halim memperkirakan, tidak perlu menunggu waktu lama sampai suku bunga kredit bisa sesuai keinginan Kadin, yakni 8%. “Kalau inasi tahun depan bisa dijaga, bisa lebih rendah (bunganya). Kapan turunnya, kita lihat saja,” paparnya. Tidak mau disalahkan Ditemui di acara yang sama, industri perbankan mengaku sudah memberi kredit satu digit, pada kisaran 8%-9% pada korporasi besar. Kredit untuk sektor lain lebih tinggi karena alasan-alasan tertentu yang tidak sepenuhnya merupakan

salah industri perbankan. “Bisa saja di sektor riil, bisa saja dari kebijakan pemerintah yang membuat premi risiko tinggi,” ungkap Ketua Umum Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional (Perbanas) Sigit Pramono. Kebijakan yang dianggap Sigit meninggikan premi risiko antara lain kebijakan ketenagakerjaan dan kebijakan perpajakan. Namun, Sigit tidak menjelaskan hal spesik dari kedua kebijakan itu yang menyebabkan premi risiko tinggi. Adapun Dirut BTN Iqbal Latanro mengklaim temuan di lapangan menunjukkan, suku bunga bukan kekhawatiran pengusaha. Bagi mereka, yang terpenting kecepatan pengambilan keputusan kredit dan pelayanan. (E-1) gayatri@mediaindonesia.com

CATATAN AKHIR TAHUN

Saatnya Investor Lokal Jadi Tuan di Rumah Sendiri IBARAT batu karang, pasar modal Indonesia kukuh di tengah tekanan gelombang tsunami krisis keuangan Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS) tahun ini. Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) periode Januari-Desember mencatatkan pertumbuhan di atas 2%. Meski pertumbuhannya sangat kecil, kinerja positif tersebut patut disyukuri. Pasalnya, sejumlah bursa regional mengalami pertumbuhan negatif. Bahkan sejumlah bursa berkinerja negatif hingga dua digit, se perti bursa India (Bombay Stock Exchange/BSE) -17,51%, bursa China (Shanghai Stock Exchange/SSE) -16,93%, dan bursa Hong Kong (Hong Kong Exchange/HKeX) -16,47%. Penyebabnya ialah krisis utang Eropa yang dimulai dari Yunani kemudian menyebar ke Italia, Spanyol, dan Belgia. Krisis utang tersebut belum mereda karena kini mulai menjalar ke

perbankan Prancis serta seluruh kawasan Uni Eropa. Selain itu, perlambatan ekonomi AS turut menaikkan sentimen negatif di lantai bursa. Media Indonesia mencatat dua hal penting dari pergerakan sa ham Indonesia sepanjang tahun ini untuk mengantisipasi dampak krisis Eropa dan ekonomi global pada tahun depan. Pertama, pasar modal di Indonesia masih bergantung pada investor asing. Berdasarkan la poran tahunan Bursa Efek In donesia (BEI), kepemilikan asing dalam pasar modal masih sekitar 60%, sisanya dimiliki investor lokal. Tingginya porsi kepemilikan asing atas saham hingga saat ini seperti bom waktu yang siap meledakkan lantai bursa yang telah terbangun sejak 1912. Masih hangat di kepala kita, pasar modal Indonesia terguncang pada Oktober lalu. Krisis utang Eropa yang belum dike-

tahui penyelesaiannya turut memukul harga saham Indonesia ke titik nadir 3.269,451 dari posisi awal tahun berada di level 3.703,51. IHSG terpuruk ke titik terendah karena investor asing panik krisis utang Eropa menyebar ke Asia. Mereka menjual

aset saham kemudian mengonversinya dalam mata uang dolar sebagai safe heaven. Beruntung, fundamental perekonomian nasional bagus sehingga IHSG mampu keluar dari wilayah negatif. Seharusnya, kontribusi in-

vestor lokal yang masih kecil dapat diartikan peluang yang cukup besar bagi anggota bursa untuk menggarap investor domestik seiring dengan naiknya pendapatan per kapita. Apalagi kapitalisasi pasar (market cap) Indonesia masih kecil jika diban-

dingkan dengan negara tetangga (lihat grak). Tantangan kedua ialah Indonesia yang naik peringkat menjadi investment grade. Penaikan peringkat yang diberikan Fitch Ratings lebih cepat ketimbang perkiraan banyak pihak pada 2012. Sebelum bergembira peringkat itu akan membuat penanaman modal asing yang menggerakkan sektor riil benar-benar terjadi, Indonesia harus memiliki tameng untuk menerima arus modal (capital inow) asing de ngan menciptakan suatu instrumen keuangan yang bisa menyerap dana-dana tersebut. Misalnya SUN berjumlah besar yang bisa membiayai proyekproyek infrastruktur dalam negeri. Tujuannya agar arus modal tidak mengalir ke lembar saham. Biarlah investor lokal masuk dan menjadi penopang pertumbuhan bursa dalam negeri. (Daniel Wesly Rudolf/E-4)

18

E KONOMI NASIONAL

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

RI bakal Diserbu Turis Asia Pasifik

Korban Jiwa Transportasi Melonjak Upaya mengurangi kefatalan dan risiko kecelakaan belum berhasil. WIBOWO

P

ADA 29 September lalu, air mata kesedihan kembali menetes di bumi Nusantara. Pesawat Cassa 212 jatuh di perbukitan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara (Sumut), dan semua penumpangnya yang berjumlah 18 orang tewas. Kecelakaan itu hanya satu dari sekian banyak kecelakaan transportasi yang merengut ratusan nyawa tahun ini. Hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menunjukkan jumlah korban meninggal pada kecelakaan transportasi pada 2011 mencapai 247 jiwa. Jumlah itu naik 174% bila dibandingkan dengan 2010 sebanyak 90 orang. Korban meninggal pada transportasi laut mencapai 86 korban jiwa, sektor jalan raya 85 jiwa, moda udara 71 korban jiwa, dan 5 korban jiwa untuk sektor kereta api. “Jumlah korban kecelakaan yang diinvestigasi pada 2010 sebanyak 90 korban jiwa, antara lain kereta api 42 korban

meninggal, sektor jalan raya 28 orang, laut 15, dan transportasi udara 5 korban jiwa,” ujar Tatang di Jakarta, kemarin. Ketua KNKT itu menjelaskan, faktor manusia (human factor) sebagai penyebab utama kecelakaan 2011. Persentase mencapai 62,5% atau naik 18,5% bila dibandingkan dengan pada 2010 sebesar 44%. De ngan moda transportasi udara sebanyak 25%, baik laut, jalan, kereta api berada pada angka 8%. “Pada 2011, kecelakaan akibat faktor manusia untuk moda transportasi jalan raya sebanyak 37,5%, laut dan udara masing-masing pada kisaran 12,5%,” jelasnya. Selain faktor manusia, menurut Tatang, ada sektor teknis juga menyebabkan kecelakaan transportasi. Faktor itu berkontribusi sebesar 37,5% pada 2011, yakni 25% pada transportasi laut, 6,25% di jalan raya dan kereta api. “Angka itu mengalami penurunan jika dibandingkan dengan data kontribusi faktor teknis sebesar 53% pada 2010, antara lain transportasi udara dan kereta api 22,2%, laut 5,6%, dan 2,8%,” ujarnya. Adapun jumlah korban luka-luka mencapai 420 orang yang terdiri dari 346 akibat kecelakaan transportasi laut, 56 dalam peristiwa kecelakaan jalan raya, 10 akibat kecelakaan kereta api, dan 8 tewas dalam

musibah di udara. Jumlah itu meningkat 40% jika dibandingkan dengan 2010 yang jumlah korban luka-luka berjumlah 301 korban jiwa. Untuk meningkatkan keselamatan transportasi, kata Tatang, KNKT berencana menambah jumlah investigator sebanyak 261 orang. Hingga kini, jumlah investigator yang dimiliki sebanyak 53 orang untuk seluruh moda transportasi, baik darat, laut, udara, dan kereta api. Kebijakan belum berhasil Di sisi lain, Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Danang Parikesit menilai upaya mengurangi kefatalan dan risiko kecelakaan belum berhasil. Persoalan-persoalan sistematis masih belum terselesaikan. “Jumlah mobilitas moda transportasi naik dari 8% hingga 20% pada 2011, tetapi angka kecelakaan justru meningkat 1,5 kali di atas trafc. Diperlukan upaya-upaya dari pemerintah yang progresif,” tegasnya. Ia menuturkan, dalam konteks regulator, Kementerian Perhubungan yang bertanggung jawab. Namun, dalam konteks implementasi, infrastruktur, dan aparat penegak hukum ikut bertanggung jawab. (E-4) wibowo@mediaindonesia.com

ANTARA/ROSA PANGGABEAN

PERTUMBUHAN PROPERTI: Kawasan perumahan tampak padat di Jakarta, Rabu (28/12). Penjualan properti sepanjang 2011 tercatat mencapai target karena berbagai faktor, antara lain ekonomi yang tetap tumbuh sehingga daya beli masyarakat meningkat dan suku bunga bank yang relatif rendah.

Peredaran Makanan Impor Ilegal Turun 30% BADAN Pengawas Obat dan Makanan (POM) menyatakan penerapan Indonesia National Single Windows (INSW) yang dikembangkan sepanjang 2011 telah berhasil menurunkan masuknya produk makanan dan minuman ilegal ke dalam negeri hingga 30%. “Dengan pemberlakuan INSW hanya di enam pelabuhan/bandara, dari hasil pengawasan rutin, produk makanan dan minuman impor ilegal turun sekitar 20%-30%,” tandas Kepala Badan POM Kustantinah pada acara peluncuran Single Sign On (SSO) dan perluasan layanan INSW di Jakarta, kemarin. Keenam pelabuhan dan bandara yang telah menerapkan INSW ialah Pelabuhan Be-

lawan Medan, Tanjung Perak Surabaya, Tanjung Priok dan Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, serta Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan Makassar. Menurut rencana, pada tahun depan sistem INSW juga bakal diterapkan di empat pelabuhan/bandara lagi, yaitu, Pelabuhan Merak, Bandara Halim Perdanakusuma, Bandara Juanda, dan Cikarang Dry Port Jababeka. “Berkat penerapan sistem tersebut, produk makanan yang tidak terdaftar atau teregistrasi di Badan POM tidak bakal bisa dirilis dari pelabuhan.” Kendati produk makanan impor ilegal bisa dikurangi, Kustantinah mengakui, masih banyak produk makanan dan minuman impor ilegal berhasil

masuk ke Tanah Air. Ia menduga produk terlarang itu menerobos masuk dari pelabuhan tikus yang terserak di wilayah Indonesia. INSW merupakan suatu sistem layanan publik yang terintegrasi, yang menyediakan fasilitas pengajuan, pertukaran, dan pemrosesan informasi standar secara elektronik. Hal itu untuk menyelesaikan semua proses kegiatan dalam penanganan lalu lintas barang ekspor dan impor. Pada kesempatan itu, pemerintah juga meluncurkan Sigle Sign On (SSO), Indonesia National Trade Repository (INTR), dan Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI) yang merupakan elemen pendukung dari INSW. (Tlc/S-2)

S E PA R U H d a r i c a l o n wisatawan yang akan datang ke Indonesia berasal dari kawasan Asia Pasik. Calon wisatawan asal Singapura berada di peringkat teratas sebanyak 19% diikuti Malaysia sekitar 15%. Disusul di belakangnya oleh Taiwan dan Australia, masing-masing sebanyak 9%. Demikian sebagian hasil survei minat pariwisata global oleh Visa Worldwide terhadap 11.620 responden dari 23 negara di dunia baru-baru ini. Hasil survei tersebut disampaikan Direktur Utama PT Visa Worldwide Indonesia Ellyana Fuad dalam keterangan persnya, kemarin. Ia mengatakan para calon wisatawan berencana menghabiskan dana dalam jumlah yang cukup besar di Indonesia. Oleh karena itu, peluang tersebut harus dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah maupun pelaku industri pariwisata Tanah Air. “Hasil survei juga menunjukkan penawaran wisata yang menarik, keindahan alam, dan stabilitas politik menjadi faktor utama yang mendorong wisatawan mancanegara datang ke Indonesia dalam kurun waktu dua tahun ke depan,” terang dia. Menurut Ellyana, tingginya minat wisatawan mancanegara datang ke Indonesia dapat mendorong peringkat Indonesia naik lebih tinggi. Dalam dua tahun ke depan, peringkat Indonesia sebagai tempat wisata menarik diharapkan bisa menembus posisi 10 besar, bahkan lima besar, di Asia karena memenuhi berbagai kriteria yang menarik bagi wisatawan asing. Ia optimistis ekonomi Indonesia yang terus tumbuh akan menjadi salah satu fokus bagi investor asing untuk menempatkan dana di pasar domestik tersebut, termasuk investor di sektor pariwisata. Makin aktif investor asing menempatkan dana di dalam negeri, ekonomi akan tumbuh lebih besar lagi. “Indonesia yang telah memperoleh peringkat investment grade (layak investasi) akan makin menarik bagi investor asing untuk menginvestasikan dana ketimbang negara Asia lainnya,” tutur Ellyana. (Ant/S-2)

Bank Mandiri Suntik Modal BSM BANK Syariah Mandiri mendapat suntikan modal sebesar Rp300 miliar dari bank BUMN induknya, Bank Mandiri. Suntikan modal tersebut makin menambah modal bank tersebut setelah menerbitkan subnotes Rp500 miliar pada pertengahan bulan ini. Direktur Keuangan Bank Mandiri Pahala N Mansury mengatakan penambahan modal tersebut diharapkan dapat mendukung struktur modal BSM sebagai anak usaha Bank Mandiri. “Langkah ini juga merupakan bagian dari strategi pertumbuhan anak perusahaan yang memiliki nilai strategis untuk mendukung pengembangan layanan perbankan ritel dengan segmen pasar syariah,” ungkap Pahala dalam siaran pers yang diperoleh Media Indonesia, kemarin. Penambahan modal itu merupakan realisasi rencana bisnis bank 2011-2013 yang dilakukan secara tunai. Dengan penyertaan modal tersebut, kepemilikan Bank Mandiri pada BSM meningkat dari 171.648.712 saham menjadi 231.648.712 saham dengan nilai nominal Rp5.000 per lembar saham. Direktur Commercial & Busi-

ness Banking Bank Mandiri Sunarso menambahkan, tambahan modal itu akan memberi ruang lebih luas bagi BSM untuk bergerak pada 2012. Dengan penambahan sebesar Rp300 miliar itu, modal yang disetor BSM menjadi Rp1,16 triliun dari sebelumnya Rp858,24 miliar. Tambahan modal dari Bank Mandiri juga akan meningkatkan ekuitas BSM menjadi

Rp3,09 triliun, naik dari posisi semula sekitar Rp2,73 triliun. “Kami harapkan dengan penambahan modal, kontribusi BSM sebagai anak perusahaan akan lebih meningkat di masa mendatang,” ujar Sunarso. Di sisi lain, Direktur Utama BSM Yuslam Fauzi mengungkapkan BSM akan menggunakan dana tersebut untuk ekspansi perusahaan pada 2012 dan tahun-tahun berikut-

nya. “Masuknya dana segar bulan ini dengan total Rp800 miliar dalam bentuk setoran modal dan subnotes akan meningkatkan capital adequacy ratio (CAR) BSM menjadi 14,38%,” terangnya. Hingga November 2011, posisi aset BSM (unaudited) sebesar Rp45,17 triliun, dana pihak ketiga Rp40,26 triliun, dan pembiayaan Rp36,06 triliun. (GA/S-2)

MI/GRANDYOS ZAFNA

TAMBAHAN MODAL: (Dari kiri) Direktur Mandiri Sekuritas Hari Maryanto Supoyo, Direktur Commercial and Business Banking Bank Mandiri Sunarso, Komisaris Utama Bank Syariah Mandiri Achmad Marzuki, Direktur Utama BSM Yuslam Fauzi, dan Direktur Finance and Strategy Bank Mandiri Pahala N Mansury berbincang seusai penandatanganan keputusan penambahan modal bagi Bank Syariah Mandiri di Plaza Mandiri Jakarta, kemarin.

E KONOMI GLOBAL

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

19

Uang Tunai Dipilih Pasar Tumbang Pasar akan terus dalam kondisi rapuh. Krisis tidak akan selesai hingga Eropa berhasil memberikan solusi yang meyakinkan. DWI TUPANI

S

ITUASI perekonomian Eropa kembali menimbulkan kekhawatiran hingga mendorong investor lebih memilih memegang uang tunai ketimbang menginvestasikannya. Hal itu mengakibatkan bursa dunia kompak melemah, kemarin. Nilai tukar euro pun anjlok ke tingkat terendah terhadap dolar AS dalam setahun terakhir. Bursa Dow Jones, Amerika Serikat, kehilangan hampir 140 poin. S&P bergerak negatif setelah sempat positif Jumat pekan lalu. Nikkei sempat tu-

run hingga 1,1% sebelum naik sedikit dan mencatat penurunan di 0,7%. Indeks eks Jepang Asia Pasik MSCI turun 0,6% setelah tertekan sahamsaham energi dan material. “Semua orang memegang dana tunai mereka dan enggan berinvestasi ke aset-aset berisiko. Dengan sentimen pasar seperti ini, tidak akan ada aliran dana ke mana pun,” ujar Hajime Nakajima, trader di Cosmo Securities, seperti dikutip Reuters di Singapura, kemarin. Kekhawatiran pasar dipicu oleh pengakuan Bank Sentral Eropa (ECB) bahwa dana per-

bankan yang ‘diparkir’ mencapai US$590,72 miliar, melampaui rekor tertinggi pada Senin lalu. Itu artinya perbankan Eropa memilih menghindari risiko untuk meminjamkan dana mereka kepada sesama bank. Mereka lebih memilih mengambil keuntungan dari suku bunga ECB yang lebih rendah, tetapi lebih aman. Tertutup Berita dari ECB tersebut menutup keberhasilan dua lelang obligasi pemerintah di Italia. Permintaan kuat dari investor sedikit memberi harapan Italia dapat keluar dari krisis. Dalam dua lelang obligasi yang dihelat, Bank of Italy berhasil menghimpun US$11,8 miliar. Imbal hasil obligasi Italia bertenor 6 bulan turun hingga setengah dari tingkat pada lelang bulan lalu.

Meski begitu, imbal hasil obligasi bertenor 10 tahun masih tetap tinggi, yaitu 6,93%. Imbal hasil sempat menyentuh level berbahaya, 7%, pekan lalu. John Merril, ketua investasi di Tanglewood Wealth Management, mengatakan pasar akan terus dalam kondisi rapuh. Menurut dia, krisis finansial Eropa tidak akan selesai hingga para pemimpin Eropa berhasil memberikan solusi yang meyakinkan. Kekhawatiran investor juga merembet ke pasar komoditas. Harga minyak jenis brent tercatat turun US$0,03 ke US$107,53 per barel. Harga emas terkoreksi ke tingkat terendah dalam 3 bulan akibat tekanan menguatnya harga dolar AS dan lelang obligasi di Italia. (*/E-1) tupani@mediaindonesia.com

AP/AARON FAVILA

PENUTUPAN BURSA: Pedagang saham Filipina merayakan penutupan bursa pada hari terakhir perdagangan tahun ini di Bursa Efek Filipina, di distrik keuangan Makati, selatan Manila, Filipina, kemarin. Indeks Bursa Efek Filipina naik 0,82% atau 35,33 poin, dan ditutup pada 4,371.96.

Pertumbuhan Ekonomi Brasil Lewati Inggris BRASIL telah mengambil alih posisi Inggris sebagai ekonomi terbesar keenam di dunia. Pernyataan tersebut dikatakan lembaga riset ekonomi Centre for Economics and Business Research (CEBR), Selasa (26/12). Lembaga riset tersebut juga mengungkapkan Tabel Liga Ekonomi Dunia (World Economic League Table) keluaran terbaru menunjukkan negaranegara Asia mengalami kenaikan, sedangkan negara-negara Eropa justru turun. Meski begitu, CEBR memperkirakan ekonomi Inggris akan melampaui Prancis pada 2016 mendatang. Mengenai krisis di zona euro, CEBR memperkirakan, jika krisis dapat diatasi, ekonomi zona euro hanya akan menyusut 0,6% pada 2012. Namun

jika gagal, penurunan bisa mencapai 2%. Ketua Eksekutif CEBR Douglas McWilliams mengatakan keberhasilan Brasil melampaui Inggris menunjukkan sebuah tren yang tengah berkembang. “Saya pikir ini adalah bagian dari perubahan ekonomi yang besar. Kita tidak hanya melihat perubahan dari Barat ke Timur, tapi juga melihat bahwa negara-negara yang memproduksi komoditas vital, seperti makanan, energi, dan semacamnya, bekerja dengan sangat baik dan secara bertahap mendaki ke atas tabel liga ekonomi,” katanya. Sebelumnya, laporan Dana Moneter Internasional (IMF) pada awal tahun ini juga telah memperkirakan ekonomi Brasil akan melampaui Inggris. Brasil

memiliki populasi kira-kira 200 juta, tiga kali lebih banyak daripada Inggris. Ekonomi Brasil tumbuh hingga 7,5% tahun lalu. Namun, pemerintah sempat memangkas perkiraan pertumbuhan pada 2011 hingga 3,5%. Ini akibat ekonomi sempat mandek pada triwulan ketiga. Kalangan analis menuding tingginya tingkat suku bunga dan memburuknya situasi di zona euro sebagai penyebabnya. Brasil juga menikmati surplus perdagangan dengan China. Tingkat ekspor mereka lebih tinggi daripada tingkat impor. Meski demikian, sektor manufaktur Brasil mengeluhkan masuknya barang-barang murah asal China yang telah memengaruhi industri mereka. (*/BBCNews/E-4)

Alibaba Sewa Pelobi untuk Beli Yahoo PERUSAHAAN asal China, Alibaba, menunjukkan keseriusan membeli Yahoo Inc dengan menyewa rma lobi asal Washington, Amerika Serikat (AS). Langkah itu menandakan perusahaan siap membeli Yahoo secara keseluruhan jika pembicaraan penyelesaian kemitraan mereka di Asia gagal. Firma lobi Duberstein Group Inc yang disewa Alibaba juga menyertakan Softbank Corp asal Jepang, yang memegang 30% saham di Alibaba sekali-

gus mitra dari Yahoo Jepang, sebagai aliasi Alibaba. Pendiri Alibaba Group, Jack Ma, September lalu mengatakan dia bersedia membeli seluruh Yahoo. Dengan menyewa firma lobi dari Washington, Alibaba dinilai dapat menghalau penolakan politis AS terhadap pengambilalihan Yahoo. Pasalnya, Alibaba berasal dari China, negara yang mengendalikan dan menyensor internet. Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan-perusa-

haan asal China, seperti raksasa telekomunikasi Huawei Technologies Co, kerap mendapat penolakan ketika ingin membeli aset-aset milik AS. Duberstein Group Inc merupakan rma lobi yang dipimpin Kenneth Duberstein, mantan kepala staf Gedung Putih di masa Ronald Reagan. Klienkliennya seperti BP America Inc, Goldman Sachs & Co, dan Pzer Inc. “Pertimbangan keamanan nasional kadang kala hanya

menjadi alasan untuk pertimbangan komersial bagi setiap negara, khususnya AS,” ujar Mark Natkin, direktur pelaksana konsultan dari Marbridge Consulting. Pembelian Yahoo masih terganjal keinginan AS yang hanya ingin melepas aset di Asia. Menurut sumber yang dikutip Reuters, rencana bernilai US$17 miliar itu akan mengurangi 40% kepemilikan Yahoo di Alibaba, sekaligus mengeluarkan Yahoo dari Yahoo Jepang. (*/E-1)

20

C ORPORATE NEWS

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

Jasa Marga Raup Pendapatan Rp4,9 T Hingga November 2011, perseroan telah membayar pajak Rp543,486 miliar serta membayarkan dividen sejumlah Rp503,1 miliar. BUNGA PERTIWI ADEK PUTRI

O

ANTARA/HO

PERESMIAN KANTOR CABANG: Wakil Direktur Utama Bank Tabungan Negara Evi Firmansyah (kedua dari kiri) menyaksikan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf melakukan transaksi pembukaan rekening seusai meresmikan Kantor Cabang Bank BTN Bandung Timur, di Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Status Baru Pegadaian Permudah Cari Dana PERUSAHAAN Umum (Perum) Pegadaian berharap segera berubah status menjadi persero untuk memudahkan upaya mencari dana murah dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Pegadaian terus membutuhkan kenaikan aliran dana segar untuk mengimbangi peningkatan kredit ke masyarakat. Menurut Direktur Utama Pegadaian Suwhono, pihaknya akan melepas saham di BEI pada 2012 apabila statusnya berubah dari perum menjadi persero. “Kami mengharapkan status Pegadaian akan dapat berubah secepatnya apabila keppres (keputusan presiden) perubahan itu telah terbit,” katanya di Jakarta, kemarin. Selanjutnya, imbuh Suwhono, Pegadaian juga telah mempersiapkan diri untuk dapat melakukan penawaran saham perdana (initial public offering (IPO) di BEI yang akan memudahkan perseroan mencari dana. “Kami akan mencari dana murah dari BEI melalui IPO sehingga pinjaman ke bank akan berkurang,” ucapnya. Untuk tahun depan, perseroan membutuhkan dana hingga Rp7 triliun yang diharapkan bisa dipenuhi dari pinjaman perbankan dan penerbitan emisi obligasi senilai Rp2 triliun. “Jumlah itu merupakan sisa obligasi dari rencana obligasi berkelanjutan Pegadaian sebesar Rp3 triliun,” tutur Suwhono. Menurutnya, rencana penerbitan obligasi dilakukan secara bertahap. Tahap pertama telah dilakukan pada 2011 dan sisanya Rp2 triliun lagi akan direncanakan pada tahun depan sekaligus. Obligasi berkelanjutan tahap pertama 2011 Pegadaian terdiri dari tiga seri dengan kupon bunga 7,5%, 8%, dan 9% untuk tenor satu tahun, lima tahun, dan 10 tahun. Sementara itu, menurut Direktur Operasional Pegadaian Mochamad Edi Prayitno, kegiatan penyaluran pinjaman masih ditopang bisnis konvensional sebesar 90% dan 10% sisanya terkonsentrasi pada lini bisnis syariah. “Pembiayaan yang disalurkan perseroan sebesar itu didukung oleh outlet pelayanan konvensional sebanyak 3.990 unit dan outlet syariah 594 unit,” tukasnya. (Ant/E-6)

PERATOR jalan tol pelat merah, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memproyeksikan raihan pendapatan usaha sebesar Rp4,9 triliun tahun ini atau meningkat 11,7% jika dibandingkan dengan pendapatan 2010 sebesar Rp4,3 triliun. Hal itu membuat perseroan optimistis untuk menetapkan target Rp5,4 triliun atau naik 11,1% ketimbang proyeksi 2011. Demikian pernyataan Direktur Utama Jasa Marga Frans Sunito dalam paparan evaluasi akhir tahun Jasa Marga di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, kemarin. Pendapatan tersebut mayoritas berasal dari volume lalu lintas transaksi yang diperkirakan mencapai 1,07 miliar kendaraan hingga Desember 2011 atau naik 13,45% dari periode yang sama tahun lalu. Saat itu volume lalu lintas transaksi mencapai 949,58 juta kendaraan.

“Untuk 2012, kami menargetkan 1,116 miliar kendaraan atau naik 4,3% jika dibandingkan dengan 2011 ini,” kata Frans. Sepanjang tahun ini, imbuh Frans, penyerapan belan ja modal (capital expenditure/ ca pex) perseroan mencapai Rp2,5 triliun. Dari jumlah itu, Rp1,9 triliun untuk pekerjaan pemeliharaan rutin, overlay, serta peningkatan kapasitas, dan Rp674,1 miliar untuk pengembangan jalan tol baru be rupa penyertaan di anak perusahaan. “Jasa Marga pun memberikan kontribusi yang positif untuk pendapatan negara. Hingga November 2011, perseroan telah membayar pajak Rp543,486 miliar serta membayarkan dividen sejumlah Rp503,1 miliar. Dividen tersebut adalah dividen bagian pemerintah dari 60% laba bersih tahun 2010 lalu,” paparnya. Dalam hal proyek, lanjut Frans, Jasa Marga tengah mengembangkan sembilan ruas tol baru yakni Bogor Ring Road, Gempol-Pasuruan, Semarang-

Solo, Surabaya-Mojokerto, Gempol-Pandaan, Nusa DuaNgurah Rai-Benoa, JORR W2 Utara yaitu Ulujami-Kebon Jeruk, serta dua ruas tol yang merupakan bagian dari JORR 2 yakni Serpong-Kunciran dan Kunciran-Cengkareng. Dari sembilan ruas tol tersebut, ruas Semarang-Ungaran sepanjang 10,8 kilometer telah beroperasi dengan tarif tol sejak 17 November 2011. Demikian pula ruas Waru-Sepanjang dengan panjang 2,3 kilometer telah beroperasi dengan tarif tol sejak 5 September 2011. Adapun untuk ruas tol Nusa DuaNgurah Rai-Benoa yang panjangnya mencapai 8,12 kilometer, Jasa Marga telah memulai pembangunan (groundbreaking) pada 21 Desember lalu dengan target operasional September 2013. Untuk JORR W2 Utara, Jasa Marga juga telah melaksanakan groundbreaking pada 21 Oktober lalu dan rencana beroperasi pada pertengahan 2013 mendatang. Selain itu, sepanjang tahun ini Jasa Marga melakukan upa-

ya peningkatan layanan, mulai dari pembangunan gerbang tol untuk mengurai antrean hingga penambahan lajur untuk antisipasi terus bertambahnya pengguna jalan tol. E-tollpass Untuk memberikan kenyamanan dan kecepatan pada saat transaksi di gerbang tol, Jasa Marga bekerja sama dengan Bank Mandiri telah mulai menerapkan layanan e-tollpass yang merupakan pengembangan dari teknologi e-toll card yang telah diterapkan sejak 2009 lalu. “Dengan layanan e-tollpass, pengguna jalan yang telah memasang alat OBU (on board unit) di dalam mobilnya tidak perlu berhenti atau tapping di gardu transaksi otomatis. Sebagai tahap awal, sistem ini sudah terpasang di gerbang tol Cililitan, Cengkareng, Halim, dan Kapuk,” ungkap Direktur Operasi Jasa Marga Adityawarman.(E-6) bunga@mediaindonesia.com

SEKILAS INFO Indosat Luncurkan IM3 Seru Gratis Gak Abis-Abis

Ewindo Dukung Konsumsi Sayuran Masyarakat WAKIL Ketua Pengurus PKK Pro vinsi Jawa Barat Sendy Dede Yusuf (kanan) mendapat penjelasan dari Corporate Com munication Manager of PT East West Seed Indonesia (Ewindo) Retha A Dotulong (tengah) dan GA Supervisor Nurdin pada kegiatan PKK di Desa Cibukamanah, Purwakarta, Jawa Barat, kemarin. Ewindo mendukung konsumsi sayuran masyarakat Jawa Barat dengan memberikan 4.000 bibit sayuran kepada PKK Purwakarta. Konsumsi sayur masyarakat Jawa Barat saat ini sebesar 45 kg/tahun, di atas rata-rata nasional yang hanya 41,9 kg/ tahun. Di sisi lain, standar konsumsi sayuran berdasarkan FAO sebesar 73 kg/tahun. Se-

ANTARA/AUDY ALWI

lain mendukung peningkatan konsumsi sayur, Ewindo juga mendukung upaya swasembada sayur. Usaha sayur dan buah-buahan terbukti mampu meningkatkan pendapatan

petani. Pemberdayaan petani selain didukung pelatihan juga dengan pembentukan perhimpunan. Perhimpunan beranggotakan petani dan pedagang perantara. (Sas/E-6)

DIVISION Head Youth Segment Indosat M Andre Reinaldy (kiri) bersama Group Head Marketing Communications Indosat Andrini Novie Hastuti meluncurkan program IM3 Seru Gratisnya Gak Abis-Abis di Jakarta, beberapa waktu lalu. Program menyambut akhir tahun 2011 ini mengajak segmen muda untuk mengisi liburan dengan pilihan paket yang menarik untuk dinikmati pelajar hingga karyawan. Melalui IM3, Indosat memberikan layanan gratis telepon, SMS, dan social network. Selain itu, program IM3 Seru Gak AbisAbis memberikan promo Internet Gaul, Blackberry Gaul, Paket Musik, dan Paket Sport. Program ini juga memberi-

ANTARA/HO/WAWAN

kan keuntungan gratis hingga ribuan SMS setelah mengirim dua SMS dan gratis social network setelah pemakaian internet Rp1.000. Program lain yang dihadirkan dari IM3 Seru Gra-

tis Gak Abis-Abis ialah Internet Gaul, yakni para kawula muda dapat memilih tiga paket internetan Gaul yang disediakan, dengan diskon 50% dari tarif biasanya. (Sas/E-6)

S OSOK

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

21

Ti w i n H e r m a n

MENJAUHKAN BUNUH DIRI Layanan telepon, chatting, dan e-mail terbuka 24 jam bagi mereka yang membutuhkan ruang untuk menumpahkan emosi kala keinginan mengakhiri hidup mengemuka. IIS ZATNIKA

D

I sudut kafe salah satu pusat perbelanjaan favorit di daerah Jakarta Selatan, seorang wanita berbaju semu cokelat berhias bros bunga duduk dan tampak serius dengan laptop di hadapannya. Kehadiran Media Indonesia langsung disambut hangat oleh psikolog lulusan Universitas Indonesia itu. “Saya biasa ketemuan di sini jam segini. Klien perempuan saya juga suka karena setelah meeting bisa belanja,” ujar Tiwin Herman, wanita itu, sambil tertawa renyah saat membuka pembicaraan. Kehangatan itu juga yang Tiwin terapkan kala menghadapi para pengunjung situs Janganbunuhdiri.net (JBD)--sebuah situs yang ia dirikan bersama enam rekan sesama psikolog pada 20 Januari 2010.

Biodata Nama: Tiwin Herman Tempat, tanggal lahir: Lampung, 17 Desember Pendidikan: O Magister Psikologi Industri & Organisasi Fakultas Pascasarjana Psikologi, Universitas Indonesia, 2001 O Sarjana Psikologi Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, 1983 Organisasi: Pendiri Janganbunuhdiri.net O Senior Partner PT Global Leadership Indonesia O Direktur Konsultan Psiko Utama, Medan O Pengembangan youth center di Sumatra Utara, program Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia O Praktisi dan konsultan pengembang sumber daya manusia (SDM di beberapa bidang industri, seperti penelitian, bisnis retail, manufaktur, dan kosmetik. O

“Niatan ini berawal dari kasus bunuh diri di salah satu mal di Jakarta, yang disusul dengan kasus serupa tepat keesokan harinya,” kenang Tiwin. Kegiatan yang dijalankan JBD berlangsung layaknya hotline service sambungan telepon pada umumnya. Pengunjung bebas memilih media telepon, e-mail, atau chatting yang telah disediakan untuk berbincang dengan para psikolog. Pengunjung situs bahkan bisa memilih kategori apakah mereka tergolong orang yang ingin bunuh diri, membantu orang terdekat yang ingin bunuh diri, atau sekadar mengetahui lebih lanjut tentang perilaku bunuh diri. “Banyak yang menelepon mulai pukul 23.00 hingga pukul 03.00,” jelas ibu kelahiran Lampung itu. Layanan tersebut sangat terbuka berkat bergabungnya salah satu teman yang tinggal di Amerika sehingga perbedaan waktu bisa membantu jalannya layanan selama 24 jam. Dari perjalanan selama dua tahun, Tiwin pun menemukan beberapa kesimpulan sederhana bahwa perilaku bunuh diri bisa terjadi pada siapa saja, tak mengenal strata. Untuk itu, Tiwin menolak anggapan bahwa mereka yang bunuh diri berasal dari kalangan menengah ke bawah. “Buktinya, yang sekelas manajer juga memilih jalan itu,” ungkapnya. Ketika ditanya mengenai kasus para pengunjung yang memutuskan untuk bunuh diri, Tiwin juga tidak sepakat dengan anggapan media atau sebagian besar yang menyebut faktor ekonomi sebagai alasan utama. Berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan selama dua tahun terakhir, JBD menemukan 24% pengunjung mengalami depresi karena kekecewaan dan stres berat yang tidak bisa diceritakan kepada teman atau orang terdekat. Adapun 18% di antara mereka menghadapi masalah rumah tangga, termasuk kekerasan.

MI / ADAM DWI

Berbagi hati Membuka diri untuk para pengunjung yang hadir kapan pun, menjelang detik-detik ketika mereka akan mengakhiri hidup, tentu bukan sebuah keputusan mudah. Terlebih di tengah kesibukan masingmasing, tiap psikolog harus meluangkan waktu secara penuh untuk membalas chat yang muncul dan telepon yang masuk di tengah perjalanan bersama keluarga. “Kalaupun ada yang menelepon tengah malam tanpa bicara apa pun, kita harus tetap dengerin,” kenangnya. Keputusan Tiwin itulah yang mempertahankan keberadaan JBD. Ia pun tergerak untuk membantu setelah melihat semakin banyak masyarakat mengabaikan pentingnya ber-

bagi kasih sayang, perhatian, dan cinta kepada sesama. “Kalau tidak bisa lagi bercerita ke teman, keluarga, orangtua, ya, mereka butuh kita,” ujar Tiwin. Tiwin paham betul apa yang dia lakukan bersama temanteman masih menjadi bahan tertawaan sebagian orang. Namun, Tiwin yakin JBD paling tidak telah menjadi media bagi dirinya dan kawan-kawan untuk beraksi dengan nyata di tengah kondisi masyarakat yang semakin rumit. “Saya hanya mencoba berkontribusi dengan kebiasaan yang saya miliki,” kata lulusan psikologi Universitas Indonesia itu. Sebuah bukti bahwa kedekatan JBD dan ‘klien’ tidak sebatas dunia maya

juga Tiwin alami pada akhir 2010. Kala itu, salah satu remaja yang berkonsultasi via Janganbunuhdiri.net mengurungkan niat untuk bunuh diri setelah berbincang beberapa kali dengan Tiwin. Kedekatan itu bahkan m e m b a w a Ti w i n s e b a g a i orang pertama yang remaja tersebut hubungi seusai ia menerima ijazah kelulusannya. “Orang-orang inilah yang jadi penyemangat kami di JBD,” ujarnya. Piknik batin K e t e r l i b a t a n Ti w i n d i masyarakat lewat JBD bukanlah sebuah kegiatan baru dari psikolog yang sempat menetap di Medan ini. Sejak mengambil peran dalam Perkumpulan Keluarga Berencana

Indonesia pada 1989, Tiwin mendapat kesempatan untuk bertemu dengan generasi muda dan kaum marjinal, dengan segala kesederhanaan hidup yang tidak ia jumpai di kota. Perjalanan keluar masuk desa dari Sabang hingga Merauke pun telah ia tempuh dalam rangka berbagi ilmu kepada penduduk desa, mulai memberikan pendidikan reproduksi kepada para remaja, mengembangkan potensi usaha kecil kaum buruh, hingga mendidik konselor muda. Proses bertemu dengan penduduk desa yang mengunjungi mesnya sambil membawa rambutan dan sukun kesukaannya yang bahkan belum matang, bagi Tiwin, merupakan relaksasi batin. “Toh enggak semuanya

Pepeng Naif

Nirina Zubir

Lagu Gempa

Ibu Empat Anak

ANDA pasti sudah hafal dengan lagu Satu-Satu Aku Sayang Ibu? Dengan sedikit kreativitas, lagu tersebut bisa memberikan pelajaran siaga bencana gempa. Adalah drumer band Naif, Pepeng, yang memiliki ide untuk mengubah lagu anak-anak tersebut menjadi lagu siaga bencana pada 2006. Lirik sederhana dan lugas membuat anak-anak mudah mengingatnya. Pemberian informasi pun menjadi lebih riang dan menyenangkan karena lagu tersebut diiringi gerakan. “Waktu itu di Bali sedang ada acara pameran siaga bencana LIPI. Kita diminta untuk membuat sesuatu yang tujuannya mengedukasi anak-anak sekolah, yakni anak SD. Saya dan teman-teman Naif akhirnya membuat lagu itu. Hasilnya agak lucu ya kalau yang menyanyikan orang dewasa,” ujar Pepeng yang saat itu hadir dalam acara Siaga Bencana di Atamerica, Jakarta, Jumat (23/12). Selain lagu tersebut, Naif juga terlibat dalam album kompilasi yang bertemakan peduli lingkungan pada 2008. Album tersebut merupakan bagian dari kampanye siaga bencana yang dilakukan oleh LIPI kepada anakanak sekolah. Lewat album tersebut, Pepeng berharap generasi muda bisa melakukan sesuatu untuk menyelamatkan lingkungan. “Aku kaget ketika diminta untuk hadir di sini, untuk mengisi isu lingkungan di talkshow ini. Aku enggak siap karena enggak nyangka aja. Tapi, aku senang karena lagu ini bisa dipake,” sambung pria kelahiran Kudus, 15 Januari 1976 ini. Lelaki yang pernah terlibat dalam lm Dawai 2 Asmara ini mengaku belum ada rencana kembali untuk membuat album bertema serupa. Kegiatannya kini lebih disibukkan dengan promosi album Naif terbaru dan rencana pembuatan videoklip single kedua album tersebut. “Aku juga punya dua side band yang masingmasing punya idealisme sendiri. Jadi, ya sekarang juga sibuk dengan manggung,” tandasnya. (Din/M-2)

KETIKA pertama kali dihubungi produser lm Hafalan Shalat Delisa, Nirina Zubir kaget. “Peran seorang ibu yang mempunyai anak empat?” katanya seolah tak percaya. Na, panggilan akrab Nirina, berdiskusi dengan sang suami. Setelah itu, ia menerima tawaran tersebut. “Tadinya sempat ragu karena peran ini beda banget sama lm-lm sebelumnya. Tapi pas tahu novelnya luar biasa bagus dan inspiratif, aku terima,” ujar Nirina saat ditemui di Planet Hollywood untuk peluncuran lm barunya. Di lm Hafalan Shalat Delisa garapan sutradara Sony Gaokasak, Na berperan sebagai Ummi Salamah yang mempunyai empat putri. “Ummi Salamah adalah sosok ibu yang lembut dan sabar. Aku agak kesulitan memainkan peran baru ini, anaknya empat, bayangkan! Anakku saja baru satu mau dua,” ujar Nirina sambil tersenyum. Film Hafalan Shalat Delisa diangkat dari novel Tere Liye dengan judul yang sama. Bercerita tentang keluarga Aceh, Abi Usman dan Ummi Salamah yang hidup bahagia. Delisa, putri bungsu mereka yang berusia tujuh tahun, sedang giat menghafal bacaan salat untuk ujian praktik di sekolahnya. Namun tsunami mengubah segalanya. Delisa kehilangan Ummi dan ketiga kakaknya. Ia hidup bersama Abi Usman. Delisa berbagi semangat dan senyum kepada orang-orang di sekitarnya. “Latar ceritanya kan Aceh, aku kira kita syuting di Aceh langsung. Sutradara mempertimbangkan lokasi lain karena tidak mau menambah luka masyarakat Aceh dengan syuting lm tsunami. Akhirnya kita syutingnya di Ujung Genteng, Sukabumi Selatan. Tapi, ya Allah, lokasinya jauh banget, 8 jam perjalanan darat,” jelas Nirina. Jauhnya perjalanan ke lokasi syuting membuat Nirina yang pulang-pergi tiap dua hari merasa menyesal tidak tinggal sekalian selama syuting. “Di perjalanan sempat mual hebat. Selesai syuting, aku periksa ke dokter, nggak taunya hamil!” kata Nirina. (*/M-2) MI / IIS ZATNIKA

MI/ROMMY PUJIANTO

harus dinilai dengan uang,” ujarnya. Dengan nada setengah bercanda, Tiwin mengungkapkan apa yang ia lakukan itu merupakan wujud balas budi kepada negara atas biaya kuliah yang begitu murah semasa belajar di Universitas Indonesia. “Dulu saya hanya bayar Rp15 ribu. Ya ini saya kembalikan lagi. Hehe.” Saat menutup pembicaraan, Tiwin kembali mengingatkan harapannya agar manusia bisa melihat kehidupan sebagai karunia indah yang harus dihargai. “Peran JBD itu sederhana, hanya menjadi teman. Tapi di situ juga kita mengajak mereka untuk lebih memaknai hidup.” (*/M-1) iis@mediaindonesia.com

H UMANIORA

22

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

Iptek Nuklir Bangkitkan Harapan Petani Indonesia

ANTARA/SAHRUL MANDA TIKUPADANG

PANEN PADI: Sejumlah buruh potong memanen padi di persawahan Desa Kalola, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu. Buruh potong yang bekerja secara berkelompok memperoleh upah sebesar Rp35 ribu per hari.

Varietas padi inpari sidenuk yang dikembangkan Batan terbukti meningkatkan hasil produksi padi petani Klemunan. ANTON KUSTEDJA

R

ABU (14/12) siang, suasana Desa Cepoko, Kelurahan Klemunan, Wlingi, Blitar, Jawa Timur, mendadak ramai. Desa yang biasanya sepi, pada hari itu, kedatangan warga dari luar desa. Mereka datang dari Tulungagung, Trenggalek, Nganjuk, Ngawi, Madiun, dan beberapa daerah lain sekitarnya. Tampak pula umbul-umbul dan baliho di kiri-kanan jalan utama masuk desa. Hal itu makin mempertegas kesan bahwa di Klemunan, yang berjarak 25 km timur Kota Blitar, sedang ada gawe besar. ‘Nuclear for welfare, nuklir untuk kesejahteraan’, demikian tulisan yang terpampang di baliho dan umbul-umbul di kiri-kanan jalan. Ya, hari itu merupakan saat bersejarah bagi warga Klemunan yang mayoritas petani karena mereka akan menyaksikan langsung panen perdana bibit bestari, salah satu varietas bibit padi unggulan hasil penelitian dan pengembangan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), yang mereka tanam tiga bulan lalu tepatnya 21 September. Itu menjadi istimewa karena untuk pertama kalinya, bibit unggul bestari ditanam di Desa Klemunan di atas lahan 50 ha oleh kurang lebih 52 petani

yang tergabung dalam paguyuban tani Gapoktan Among Tani Klemunan. Gapoktan Among Tani merupakan kelompok binaan Koperasi Satria Jaya, Blitar, yang selama ini menjadi mitra Batan setiap kali ada hasil temuan baru varietas unggul untuk tanaman pertanian. Tak kurang istimewa pada hari itu, selain ratusan petani yang berkumpul, Wakil Bupati Blitar Rijanto, Kepala Dinas Pertanian Blitar, Nganjuk, Ngawi, dan Madiun, Profesor Riset Batan Mugiono, serta Deputi Kepala Batan bidang Pengembangan Teknologi Daur Bahan Nuklir dan Rekayasa (PTDBR) Djarot Sulistio Wisnubroto pun hadir pada acara panen perdana itu. Ketua Koperasi Satria Jaya H Sonny Ali, sekaligus Ketua Panitia Pelaksana, menyatakan panen perdana bestari merupakan langkah awal untuk meningkatkan produktivitas pertanian untuk warga Klemunan. Menurut dia, varietas bestari sudah pernah dipanen di lokasi lain di daerah Blitar beberapa waktu lalu. Setelah dilakukan pengubinan 2,5 m x 2,5 m dengan jumlah pengubinan 80 rumpun, dihasilkan 7,1 kg atau setara dengan 11,36 ton/ha. Itu berarti lebih banyak daripada hasil benih padi lain yang rata-rata menghasilkan 10 ton per ha.

Untuk panen perdana di Klemunan ini, lanjut dia, varietas bestari bakal mengulang kesuksesan bestari di tempat-tempat lain. Setelah diamati, dalam satu rumpunnya terdapat 26 batang yang produktif dan satu malainya menghasilkan 175185 butir. Karena itu, hasilnya diyakini akan sangat luar biasa. “Bestari memang membawa berkah untuk petani dan bukan musibah,” ujar Sonny.

Masyarakat perlu diberi motivasi dan kesempatan untuk mengembangkan diri.” Mugiono Periset Pertanian Batan Tak berlebihan bila Sonny menyebut bestari membawa berkah bagi para petani. Benih hasil penelitian, pengembangan, dan rekayasa (litbangyasa) Batan yang merupakan pengembangan baru dari varietas padi inpari sidenuk itu terbukti meningkatkan hasil produksi padi petani. Sejak resmi dikeluarkan Kementerian Pertanian pada 20 Juli 2008, bestari sudah diuji di beberapa tempat, yakni pertama kali pada Agustus 2008, di Desa Pusaka Jaya, Kabupaten Subang, Jawa Barat, juga di daerah Mataram, Nusa Tenggara Barat. Hasilnya memuaskan. Menurut Mugiono, varietas padi bestari merupakan salah satu hasil penerapan ilmu teknologi nuklir dalam dunia pertanian yang selama ini

menjadi perhatian Batan. Di hadapan para petani Klemunan ia menjelaskan, sebagai pengembangan baru, bestari mencoba mengatasi kekurangan benih-benih padi yang telah ada sebelumnya. “Prinsip litbangyasa Batan ialah bagaimana menemukan bibit padi unggulan. Kalau dalam konteks pertanian, misalnya, bagaimana benih tersebut mampu tahan hama, hasilnya banyak, mudah ditanam, batangnya pendek supaya tahan terhadap angin, umurnya pendek, dan berasnya kalau dimasak enak (pulen). Dan itu semua ada dalam benih padi bestari ini,” ujar Mugiono. Pemda setempat pun dengan antusias menyambutnya. Wakil Bupati Blitar mengapresiasi Koperasi Satria Jaya yang telah menjalin kemitraan dengan Batan. “Mudah-mudahan hal ini akan diikuti oleh institusi maupun lembaga ekonomi yang lain untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” kata Rijanto. Pemahaman nuklir Ia juga menegaskan bahwa dengan panen perdana padi bestari di Kabupaten Blitar, akan ada gambaran secara utuh tentang pemahaman nuklir bagi masyarakat Kabupaten Blitar sehingga nuklir tidak hanya dipahami sebagai bahan pembuat bom. “Toh kita saksikan sendiri, tidak demikian kenyataannya, ilmu teknologi nuklir dalam bidang pertanian justru dapat dimanfaatkan bagi kemaslahatan umat, yaitu

penciptaan benih padi unggul,” lanjutnya. Bidang pertanian, kata dia, harus diprioritaskan karena merupakan kegiatan ekonomi utama di Blitar dengan luas lahan pertanian padi 31.738 ha. “Masyarakat perlu diberi motivasi, masyarakat perlu diberi kesempatan untuk mengembangkan diri. Tanpa kita sadari bersama, ternyata masyarakat telah memanfaatkan hasil-hasil litbangyasa dari Batan, baik di bidang pertanian, perikanan, sumber daya alam, maupun yang lainnya.” Untuk itu, Wakil Bupati berharap kerja sama antara Batan dan Pemkab Blitar untuk tahun-tahun mendatang perlu ditingkatkan lagi. Bagi Batan, pengembangan bibit unggul untuk para petani merupakan misi dalam memberikan harapan bagi petani di dalam negeri. Di tengah kondisi perubahan iklim global dan krisis pangan dunia, Batan ingin menghadirkan angin segar bahwa petani masih mampu meningkatkan produktivitas pertanian mereka, bahkan di tengah kondisi lahan dan iklim yang tidak menentu. “Peran serta kita menurut saya memberi petani harapan akan pencapaian yang lebih baik dari segala usaha mereka. Di tengah kesulitan yang dialami petani, baik itu produksi yang menurun maupun krisis pangan dunia, Batan memberikan tawaran hasil risetnya tentang benih pertanian unggul,” ujar Kepala Bagian Humas Batan Heru Santoso. (*/S-5)

Keyakinan Berbuah Manis SUKANTO, 54, warga Desa Klemunan, Kecamatan Wlingi, Blitar, Jawa Timur, seperti tak sabar lagi menunggu saat panen tiba. Saat itu, ia dan kawan-kawannya mengikuti panen perdana bibit padi bestari, sebuah varietas padi unggulan hasil inovasi iptek nuklir yang dilakukan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). Acara tersebut sekaligus menandai awal panen padi di lokasi persawahan kampungnya seluas 50 hektare. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, rasa penasaran dia kala itu, tidak lain dan tidak bukan, tertuju pada hasil benih padi yang ia tanam kurang lebih tiga bulan lalu, tepatnya 21 September. Di tengah musim yang kian tidak menentu, curah hujan yang tinggi, Sukanto diselimuti rasa waswas. Akankah hasil panenan dia tahun ini meningkat? Atau malah berkurang? Atau malah tak menghasilkan apa-apa? Rasa penasaran Sukanto, dan mungkin juga rekan-rekan tani Klemunan lainnya, sangat beralasan. Faktanya, Klemunan, desa yang terletak 25 kilometer dari arah Blitar dengan mayoritas penduduk petani, selama tiga bulan terakhir terus-menerus diguyur hujan. Ditambah lagi, bencana hama penggerek batang padi yang melanda persawahan. Belum selesai di situ, Sukanto hanya tahu satu hal bahwa padi yang ia tanam merupakan varietas padi unggulan hasil penelitian Batan yang untuk pertama kalinya ditanam di Klemunan. Dengan kata lain, belum ada bukti seberapa kualitas bestari di kampungnya, walaupun benih padi itu sudah resmi diluncurkan ke masyarakat melalui sertikasi Kementerian Pertanian pada Juli 2008. Informasi yang ia dapat ketika akan menanam ialah varietas unggulan ini dijamin akan meningkatkan hasil produksi, umurnya pendek, tahan terhadap serangan hama, batangnya pendek, dan nasinya enak dimakan (pulen). “Bilangnya begitu, Pak. Ini padi unggul, cuma kita petani kan tidak begitu saja percaya sebelum tahu sendiri hasilnya,” ujarnya saat ditemui, dua pekan lalu. Awalnya Sukanto tidak langsung percaya. Ia menuturkan, saat ditawari bibit padi unggulan itu, ia dan rekan petani lainnya masih ragu. Ketika staf Koperasi Satria Jaya, mitra Batan di daerah yang bertugas menyebarluaskan bibit unggulan tersebut, mendatangi dia dan petani lain di kampungnya, bermacam pertanyaan dilontarkan. Terlebih, mereka tahu bibit baru tersebut ialah hasil inovasi energi nuklir. Sesuatu yang ia dan teman-temannya pahami ialah nuklir itu berbahaya. Hal itu makin menambah keraguan dia. “Namanya barang baru bagi kami. Apalagi ada nuklirnuklirnya. Kami juga takut. Kalau ternyata gagal kan rugi,” ujar ayah empat anak itu dengan polos. Namun, keraguan Sukanto dan teman-temannya mulai berkurang setelah mendengar penjelasan dari periset Batan Mugiono. “Saat Pak Mugi datang, kita jadi lebih yakin. Ia jelaskan semua prosesnya. Ia ceritakan juga pengalaman di tempattempat lain yang berhasil. Kami jadi paham dan sejak saat itu kami akhirnya baru berani menanam,” ujar Sukanto lugas. Menjelang musim panen, pada padi yang ia tanami dilakukan uji pengubinan di atas lahan berukuran 2,5 m x 2,5 m dengan jumlah ubinan 80 rumpun. Hasilnya menggembirakan. Dari 80 rumpun padi dihasilkan 7,1 kg atau setara dengan 11,36 ton/ha. Dari hasil uji pengubinan tersebut, pada satu rumpunnya didapati 26 batang yang produktif dan satu malainya menghasilkan 175-185 butir sehingga hasilnya diyakini akan sangat luar biasa. Sejenak Sukanto semringah saat menceritakan hasil pengubinan tersebut. “Biasanya 1 ha di sini paling banyak 9 atau 10 ton, tapi ini bisa sampai 11, 36 ton tentu memuaskan sekali.” (Thomas Harming Suwarta/H-1)

anton@mediaindonesia.com

WAWANCARA

Butuh Sosialisasi untuk Mengubah Persepsi

Djarot Sulistio Wisnubroto Deputi Kepala Batan Bidang PTDBR

KESAN energi nuklir berbahaya masih sangat kuat di tengah masyarakat kita. Bom di H i ro s h i m a d a n Nagasaki, Jepang, masih meninggalkan kesan kuat betapa berbahayanya energi itu sampai masyarakat lupa bahwa nuklir tak hanya punya cerita menakutkan, tetapi juga punya cerita menyenangkan. Berbagai perkemb a n g a n teknologi bidang kesehatan, misalnya, banyak DOK. PRIBADI menggunakan nuklir. Tak hanya

itu, pertanian dan peternakan juga merupakan bentuk inovasi iptek nuklir melalui pengembangan benih pertanian unggulan seperti yang dilakukan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). Seperti apa persis kiprah Batan mengembangkan pertanian? Berikut petikan wawancara Media Indonesia dengan Deputi Kepala Batan Bidang Pengembangan Teknologi Daur Bahan Nuklir dan Rekayasa (PTDBR) Djarot Sulistio Wisnubroto, baru-baru ini. Apa yang menjadi pusat perhatian dalam setiap kajian litbang Batan selama ini? Pada prinsipnya, Batan merupakan lembaga negara di bawah koordinasi Kementerian Riset dan Teknologi yang memiliki misi meningkatkan energi nuklir, isotop dan radiasi, dan pemanfaatan/pendayagu-

naanya oleh masyarakat dalam mendukung program pembangunan nasional. Itu bisa melalui pengembangan bibit unggul tanaman pangan, tersedianya insfrastruktur dasar pembangunan PLTN, pemahaman masyarakat terhadap teknologi nuklir, pemanfaatan aplikasi teknologi isotop dan radiasi untuk kesehatan. Yang lebih penting lagi ialah Batan ingin memopulerkan nuklir secara profesional untuk tujuan damai dengan mengutamakan prinsip keselamatan dan keamanan, serta kelestarian lingkungan hidup. Khusus untuk kajian bidang pertanian? Bidang pertanian menjadi fokus Batan selama ini. Itu bisa dikenali dari produk-produk bibit unggul. Saya bisa sebutkan beberapa, misalnya bibit padi cilosari, pandan putri, ma-

yang, milasari, inpari sidenuk, bestari, dan sebentar lagi benih padi unggulan mugibat, dan tentu masih banyak lainnya. Khusus untuk pertanian juga, Batan sudah mengembangkan benih gandum iklim tropis. Ini dimaksudkan agar Indonesia mampu memproduksi gandum sendiri tanpa bergantung dari luar negeri. Apakah ini juga terkait dengan ketersediaan pangan lokal atau ketahanan pangan nasional? Tentu saja. Anda tahu bahwa dunia sedang mengalami krisis pangan global dan perubahan iklim yang tentu memengaruhi pertanian di dalam negeri. Belum lagi ditambah lahan pertanian kita yang sudah mulai kritis dan bahkan ada yang banyak beralih jadi lahan industri, ditambah pertambahan jumlah penduduk. Karena itu,

Batan memberi perhatian ke pertanian karena diperkirakan pada 2020 akan terjadi krisis pangan secara besar-besaran di dunia. Andai kata tidak siap, kita akan terkena imbasnya. Di Batan, setiap benih unggul padi, misalnya, harus mampu menghasilkan peningkatan produksi. Bukan saja peningkatan hasil, melainkan juga produk yang dihasilkan berkualitas dan aman dikonsumsi. Teknologi radiasi nuklir mampu melakukan itu. Jadi, intinya ialah ketersediaan pangan bagi seluruh rakyat dalam jumlah yang cukup dan dengan harga terjangkau merupakan kata kunci dari kedaulatan dan kemandirian pangan bangsa. Namun, persepsi masyarakat masih negatif terhadap energi nuklir. Bagaimana meyakinkan masyarakat bahwa hasil kajian Batan aman untuk ma-

syarakat? Ini kami sadari. Persepsi energi nuklir berbahaya itu masih sangat kuat. Dia dikaitkan dengan bom dan efek radiasi yang berbahaya bagi kesehatan. Karena itu, penting sosialisasi bahwa nuklir juga bermanfaat bagi masyarakat. Tentu saja dalam setiap kali sosialisasi kita tidak serta-merta menceritakan teknis soal energinya, tapi dalam bahasa sederhana yang bisa dimengerti. Selain itu, kita perlu ceritakan hasil-hasilnya dan yang lebih penting lagi ialah kesaksian dari orang-orang yang pernah memakai produk Batan. Biasanya masyarakat kita baru percaya setelah ada yang menikmati hasilnya dan mempraktikkannya. Contohnya saja benih padi bestari. Saya bisa sangat meyakinkan masyarakat bahwa hasil padi bestari ini aman dikonsumsi masyarakat. (*/H-1)

H UMANIORA

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

23

Bangsal untuk Pasien Miskin masih Langka RS swasta diharapkan dapat meningkatkan kontribusi untuk meningkatkan jumlah bangsal kelas III. CORNELIUS EKO SUSANTO

P MI/ROMMY PUJIANTO

PELAYANAN RUMAH SAKIT: Sejumlah penderita demam berdarah dirawat di RSUD Koja, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu. Total 114 ribu bangsal kelas III di RS seluruh Indonesia yang dimiliki pada saat ini masih jauh dari komposisi ideal untuk melayani pasien miskin.

SEKILAS 183 Kabupaten Dinyatakan Tertinggal

50 Guru Ikut Pelatihan Menulis Ilmiah

PEMERINTAH menyatakan hingga saat ini masih terdapat 183 kabupaten berkategori tertinggal di Indonesia. “Dalam dua tahun terakhir kita terus mencoba menggenjot percepatan pembangunan di daerah tertinggal,” ujar Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini di Jakarta, Rabu (28/12) lalu. Sejatinya dalam rentang waktu 5 tahun (2004-2009) sebanyak 50 dari 199 kabupaten berkategori tertinggal dapat dientaskan sehingga tinggal tersisa 149 kabupaten. Namun dengan kehadiran 34 daerah baru hasil pemekaran dari kabupaten induk yang tertinggal, jumlah daerah tertinggal kembali naik menjadi 183 kabupaten. Karena itu, Kementerian PDT bakal meneruskan 3 program andalan pada 2012, yaitu, produk unggulan kabupaten, pengembangan kawasan perdesaan terpadu, dan pembangunan infrastruktur. Melalui berbagai program itu, ditargetkan mampu mengentaskan sedikitnya 50 dari 183 kabupaten tertinggal pada 2014. (Tlc/H1)

SEKOLAH Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI) Jakarta menyelenggarakan pelatihan menulis ilmiah bagi 50 guru SMA/SMK se-DKI Jakarta. “Acara ini bertujuan meningkatkan profesionalitas guru,” kata Direktur STIAMI Training Center (STC) Arif Rismawan kepada Media Indonesia pada acara tersebut di Jakarta, kemarin. Di samping itu, lanjutnya, gelaran tersebut diharapkan dapat membangun jiwa wirausaha di kalangan guru serta meningkatkan keterampilan kerja dalam kelompok. Menurut Arif, kegiatan pelatihan itu merupakan rangkaian acara HUT ke-29 STIAMI yang akan berlangsung 27 Januari 2012. Puncak acara HUT tersebut dimeriahkan Gebyar Kreativitas yang menampilkan karya seni mahasiswa STIAMI, bazar, dan peletakan batu pertama Gedung STIAMI yang baru. (Bay/H-1)

PGRI Desak Pemerintah Hapus RSBI PERSATUAN Guru Republik Indonesia (PGRI) mendesak pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), agar menghapus rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI). Pasalnya, RSBI dinilai mengandung banyak kelemahan seperti diskriminatif, melemahkan nasionalisme, menjadi lahan korupsi, serta memiliki kriteria yang tidak jelas. Hal itu dikemukakan Ketua Umum PGRI Pusat Sulistiyo pada acara reeksi akhir tahun dunia pendidikan dan guru di kantor PGRI, Jakarta, Rabu (28/12). Menurut Sulistiyo, awalnya RSBI diselenggarakan untuk menghimpun para siswa yang memiliki bakat kecerdasan istimewa. Namun, pada perkembangannya terjadi banyak penyimpangan. Dalam perjalanannya, bahkan siapa pun bisa masuk RSBI melalui negosiasi ke sekolah yang tidak lagi mengutamakan pendekatan kualitas dan kecerdasan siswa. “Idealnya sekolah bukan untuk orang berada saja. Akibatnya terjadi jurang pemisah antara kaya dan miskin, padahal negara ini perlu kebersamaan,” cetusnya. Di sisi lain, keberadaan RSBI

dimanfaatkan pemerintah kabupaten dan kota untuk menjadi alat menghimpun anggaran dari pemerintah provinsi. Dengan kondisi itu, lanjut Sulistiyo, PGRI menilai telah terjadi kecelakaan konstitusi yang menyimpang dari roh semangat pendidikan RSBI. Oleh sebab itu, PGRI akan mengusulkan revisi UU Sisdiknas tentang RSBI kepada DPR.

Idealnya sekolah bukan untuk orang berada saja. Akibatnya terjadi jurang pemisah antara kaya dan miskin, padahal negara ini perlu kebersamaan.” Sulistiyo Ketua Umum PGRI Pusat Lebih jauh, Sulistiyo menyatakan dunia pendidikan saat ini masih dihiasi dengan gejala reaktif (trial and error), bahkan dilaksanakan dengan kick and rush (cekik dan peras atau proyekisme). Dunia pendidikan dijalani tanpa didahului oleh kajian terhadap teori. “Banyak kebijakan hanya sifatnya coba-coba. Banyak

program pendidikan juga dijalankan sebagai respons instan terhadap isu dan permasalahan sesat,” cetusnya. PGRI mencatat tujuh peristiwa pendidikan yang terekspos selama 2011, di antaranya penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang berubah-ubah, penerapan desentralisasi bidang pendidikan yang tidak menguntungkan sehingga melahirkan gagasan perlunya pengelolaan guru diresentralisasi, dan sertikasi yang disalahpersepsikan. Selain itu, PGRI menilai, pendidikan karakter, yang diharapkan banyak pihak sebagai solusi terhadap berbagai persoalan bangsa yang disebabkan rendahnya karakter bangsa ini, terancam gagal. Berikutnya ialah sorotan mengenai ujian nasional (UN), yang kontroversial dan dilarang oleh Mahkamah Agung, tapi tetap akan diselenggarakan. “Tidak ada perubahan signikan atas proyek tahunan yang menyedot dana APBN hampir Rp600 miliar ini,” kata Sulistiyo. Menurutnya, UN tidak hanya gagal meningkatkan mutu, tapi juga telah menimbulkan dampak buruk, menanamkan nilai-nilai koruptif pada murid. (Bay/S-4)

PELATIHAN: Ketua Umum Eka Tjipta Foundation G Sulistyanto (kiri) bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Waris (tengah) dan Pendiri Surya Institute Yohanes Surya (kanan) berdialog dengan pelajar asal Papua seusai membuka Pelatihan Tutor Program di Markas Resimen Induk Kodam Jaya, Jakarta, Selasa (27/12). ANTARA/M AGUNG RAJASA

EMERINTAH mengakui layanan fasilitas rawat inap kelas III di rumah sakit (RS) untuk pasien kurang mampu masih kurang. Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih bahkan menuturkan total 114 ribu bangsal kelas III di RS seluruh Indonesia yang dimiliki pada saat ini masih jauh dari komposisi ideal untuk melayani pasien miskin. “Setidaknya kita masih membutuhkan penambahan dua kali lipat bangsal kelas III dari fasilitas yang kita miliki pada saat ini,” ujar Endang di Bandung, beberapa waktu lalu. Ia mengatakan penambahan kapasitas bangsal kelas III di RS mutlak dilakukan saat ini. Pasalnya, penggunaan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang diperuntukkan bagi pasien tidak mampu terus bertambah. Terlebih lagi dalam waktu dekat, Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) bidang kesehatan sudah mulai digulirkan. Sebagaimana diketahui, sistem kesehatan yang bersifat universal coverage tersebut memberikan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia dengan jatah layanan

kelas III di rumah sakit. Ia menuturkan, perluasan layanan bagi pasien miskin di rumah sakit sulit terwujud jika hanya dibebankan pada rumah sakit vertikal milik pemerintah pusat dan rumah sakit milik pemerintah daerah saja. Saat ini rata-rata lebih dari 50% kapasitas tempat tidur RS pemerintah telah ditujukan bagi layanan kelas III. Fasilitas itu, setiap hari selalu kebanjiran pasien kurang mampu. Lantaran itu, dirinya meminta agar RS swasta juga meningkatkan kontribusi untuk meningkatkan jumlah bangsal kelas III. Menurut dia, saat ini rata-rata RS swasta mengalokasikan kurang lebih 10% dari kapasitas tempat tidur bagi layanan kelas III. Ke depan, Menkes berharap agar alokasi itu bisa ditingkatkan jadi minimal 25%. Swasta Pada kesempatan itu, Menkes juga mengkritik masih banyaknya RS yang enggan ikut serta dalam program Jamkesmas. Dia menyebutkan, dari sekitar 1.870 RS di Indonesia, baru sekitar 1.080 RS yang bersedia menerima pasien Jamkesmas. Menkes menyebutkan, kebanyakan RS yang belum menerima pasien peserta Jamkesmas adalah RS swasta. Dikatakan, dari sekitar 700 RS swasta,

baru sekitar 300-an yang bersedia menerima program Jamkesmas dan program asuransi lainnya seperti Jamsostek atau Askes. “Peningkatan akses layanan kesehatan pada pasien miskin sulit dicapai jika swasta tidak berkontribusi,” imbuhnya. Sebelumnya, pada Simposium Nasional Lembaga Pengkajian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LP3A) di Universitas Muhammadiyah Malang(UMM), akhir pekan lalu, Menkes berpesan kepada dinas kesehatan di berbagai provinsi agar mereka dapat memfasilitasi pembentukan jaringan informasi antarRS swasta yang memberikan layanan kelas III. Dengan jaringan yang terbentuk, antar-RS swasta bisa saling melimpahkan pasien yang tidak kebagian tempat layanan kelas III ke rumah sakit swasta lainnya. Kementerian Kesehatan juga bakal mendirikan beberapa RS pratama yang khusus menyediakan layanan kelas III dengan kapasitas tempat tidur sekitar 40-50 bed. Menurut Ditjen Bina Upaya Kesehatan Kemenkes Supriyantoro, RS pratama bakal didirikan mendekati wilayahwilayah terpencil khusus yang memiliki kasus-kasus kesakitan yang tinggi. (Ant/H-1) cornel@mediaindonesia.com

24

F OKUS

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

Tarif Parkir Naik, DKI Jakarta Paling Murah Tarif parkir di Jakarta paling murah sedunia. Itu dinaikkan bukan untuk cari uang, melainkan guna mengurangi kendaraan pribadi. Oh, ya? VINI MARIYANE ROSYA

J

IKA tidak ada halangan, apalagi dihadang demonstrasi, tarif parkir di Jakarta yang kini ‘cuma’ seribu perak bakal naik 400% tahun depan menjadi Rp4.000 per jam! Jangan tanya apa imbalan yang diberikan pengelola parkir kepada para pemilik kendaraan sebab penaikan tarif itu hanya untuk menjawab persoalan klasik, yaitu mengurangi kemacetan lalu lintas di kota yang kini dipimpin Fauzi Bowo itu. Konkretnya, tarif parkir naik agar pemilik mobil pribadi sudi naik angkutan umum. Naga-naganya, pemilik mobil pribadi tetap ogah naik angkutan umum kendati tarif parkir dinaikkan 10 kali lipat selama layanan angkutan umum masih ‘amit-amit’. Jangan pula tanya apa layanan plus yang bakal diberikan pengelola parkir kepada pemilik kendaraan. Jika mereka masih dipalak petugas parkir liar (preman) di kawasan Senayan, misalnya--padahal pemilik kendaraan sudah bayar parkir di pintu masuk, pengelola parkir tampaknya masih bakal menjunjung tinggi prinsip Âemangnya gue pikirin’. Perilaku masa bodoh pengelola parkir seperti itu tampaknya juga bakal dipegang teguh jika ada mobil atau sepeda motor yang digondol maling di areal parkir, atau barang berharga milik pemilik mobil lenyap ditilap alap-alap. Lo, bukankah di tiket parkir sudah ada peringatan ‘Jangan tinggalkan barang berharga di dalam mobil’? Memadai dan manusiawi Karena itu, beralasan jika Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo mensyaratkan Pemprov DKI Jakarta harus menyediakan angkutan umum yang memadai dan manusiawi kepada warga jika memang berkeinginan agar pemilik kendaraan pribadi beralih naik angkutan umum. “Tarif parkir sebagai salah satu instrumen pengurangan kendaraan pribadi harus ditunjang dengan public transport yang memadai,” tegasnya kepada Media Indonesia, Rabu

(28/12). Sudaryatmo mengamati saat ini masih banyak model parkir on-street yang sifatnya liar. Terhadap persoalan ini, menurutnya, “Pemprov DKI harus bersikap tegas.” Pengaduan masyarakat yang masuk ke YLKI perihal parkir di Jakarta memang enggak jauh-jauh amat dari persoalan itu (parkir liar, keamanan, dan kenyamanan). Menurut Sudaryatmo, jika memang kelak tarif parkir naik, sudah saatnya pengelola parkir memberikan kompensasi asuransi untuk mengganti barang atau kendaraan yang hilang di areal parkir.

...sebagai salah satu instrumen pengurangan kendaraan pribadi harus ditunjang dengan public transport yang memadai.” Namun sebelum berpikir soal asuransi, pengamat transportasi Darmaningtyas tegastegas menyatakan sebelum menaikkan tarif parkir, sebaiknya Pemprov DKI membenahi dulu transportasi umum. “Yang mestinya dilakukan Pemprov DKI ialah memberikan pilihan dulu kepada masyarakat dengan membenahi angkutan umum,” katanya kepada Media Indonesia. Setelah itu, silakan kalau mau menaikkan tarif parkir. Idealnya, menurut dia, tarif parkir memang harus lebih mahal daripada ongkos naik angkutan umum. Nah, itulah sebabnya mengapa Corporate Affair of Secure Parking Tony Tjuatja mendukung berat jika tarif parkir dinaikkan. Lagi pula, katanya, sejak 2004 tarif parkir belum pernah naik. Paling murah Jika dibandingkan dengan kota-kota lain di dunia, tarif parkir di Jakarta memang yang paling murah. Survei yang dilakukan Colliers International menemukan fakta dari 156 kawasan pusat bisnis di seluruh dunia, tarif parkir di Jakarta

paling murah sedunia. Di kawasan Asia Tenggara, Singapura menduduki peringkat pertama dengan tarif akumulasi per bulan S$278,20 atau setara US$225,04, disusul Bangkok (US$82,5), dan Manila (US$56,83). Karena itu menurut Manajer Perencanaan Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Parkir Syaefuddin Zuhri, tarif parkir yang nantinya bakal dinaikkan menjadi Rp4.000 per jam untuk mobil dan Rp2.000 untuk sepeda motor tetap dianggap murah. Tarif baru itu nantinya tidak akan diberlakukan secara pukul rata, tapi dibagi per zona. Kepala UPT Perparkiran DKI Jakarta Enrico Vermy menjelaskan sesuai dengan rekomendasi Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) yang dikeluarkan pertengahan tahun lalu, areal parkir di Jakarta dibagi dalam tiga zona tarif. Ketiga zona itu ialah pertama zona pinggir yang meliputi kawasan Klender, Lenteng Agung, dan sekitarnya. Kedua, zona antara yang meliputi kawasan Matraman, Tanah Abang, dan sekitarnya. Ketiga, zona pusat, meliputi kawasan jalan protokol, seperti Jalan Sudirman, Thamrin, dan Gatot Subroto. Dengan pengaturan zona seperti itu, tarif parkir menjadi 1:3:5. Dengan kata lain jika parkir mobil di kawasan Jl Sudirman, Anda akan dikenai tarif berbeda (lebih mahal) daripada jika Anda parkir di kawasan Lenteng Agung atau Klender. Lantas akan digunakan untuk apa uang yang diperoleh dari penaikan tarif parkir tersebut? Sampai sedemikian tak ada jawaban yang pasti. Pasalnya, menurut Syaefuddin Zuhri, Pemprov DKI berencana menaikkan tarif parkir bukan untuk mencari uang, melainkan ya itu tadi, mengendalikan penggunaan kendaraan pribadi. Rencana itu sendiri sampai sekarang masih digodok di dinas perhubungan. Setelah itu diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta beserta tim. Sangat mungkin, kata Zuhri, rencana itu bisa saja ditunda entah sampai kapan. Nah lo. (*/X-11) vini@mediaindonesia.com

TEMA:

Gengsi Ballon d’OR

FOKUS OLAHRAGA SABTU (31/12/2011)

MI/RAMDANI

BISNIS PARKIR: Penjaga merapikan motor di salah satu rumah yang dijadikan area parkir di kawasan Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat, kemarin. Pemilik rumah melihat peluang bisnis besar dari sewa parkir. Untuk itu, dia rela rumahnya dijadikan tempat parkir.

DIKELOLA TANPA KEBOCORAN: Ribuan kendaraan terparkir di area parkir bertingkat dan di lapangan terbuka di kaw merupakan pemasukan yang sangat besar bagi Pemprov DKI Jakarta.

Peluang Cari Nafkah d

J

UMLAH kendaraan yang besar dan semakin sempitnya lahan di Jakarta membuat bisnis parkir menjanjikan keuntungan tinggi. Uang yang mengalir dalam bisnis parkir sangat menggiurkan. Hanya dengan jeda sejam, satu sepeda motor menghasilkan Rp1.000 dan untuk mobil Rp2.000. Ketika ada dalam satu jam 50 motor dan 20 mobil, pendapatan ialah Rp90 ribu. Bukan cuma itu, bisnis lahan parkir menjadi sumber pemasukan yang luar biasa dan minim risiko. Risiko kehilangan dan kerusakan tidak ditanggung pengelola parkir. Hal itu sering tertulis di karcis pengelolaan resmi, apalagi parkir yang tidak resmi. Hal itu yang membuat Sutarman, 40, tertarik. Ia pun

mengelola sisi Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur, sebagai lahan parkir. Lokasinya yang berada di dekat halte Jatinegara II bus Trans-Jakarta koridor XI membuat lahan parkir itu diminati orang. Sutarman menolak tuduhan parkir yang dikelolanya sejak 1996 termasuk parkir liar. Ia punya surat dari Pemprov DKI dan selalu berbagi hasil. “Namun sejak dibangun koridor busway di sini, sudah tidak dimintai setoran lagi. Sudah ada tanda-tanda bakal ditertibkan juga, sepertinya,” katanya. Lain halnya dengan Thomas, pemilik sebuah rumah yang dijadikan tempat penitipan sepeda motor di kawasan Kebon Kacang, Jakpus. Dengan mempekerjakan enam pegawai dengan gaji harian berkisar Rp30 ribu–

Rp40 ribu, Thomas bisa mendapat untung sekitar Rp500 ribu per hari. Menurut Thomas, pelanggannya rata-rata pegawai yang berumah agak jauh dari terminal bus. Untuk mempermudah transportasi, mereka akan membawa sepeda motor ke lokasi penitipan motor dan melanjutkan perjalanan mereka menggunakan bus atau kereta ke tempat kerja mereka. Selain itu, ada juga yang tinggal di luar kota. Mereka menitipkan sepeda motornya semalaman supaya bisa beraktivitas di Jakarta. “Mereka biasanya pegawai yang tugas di lapangan,” katanya. Dengan biaya Rp3.000 setiap motor, para pemakai jasa dapat menitipkan motor mereka sejak pukul 06.00

MEGAPOLITAN

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

25

MI/RAMDANI

TIKET TERPADU: Pengendara motor mengambil tiket parkir terpadu di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Parkir di kawasan Blok M menerapkan sistem komputerisasi perparkiran yang terintegrasi dalam satu manajemen.

MI/ATET DWI PRAMADIA MI/RAMDANI

wasan Sudirman, Jakarta, kemarin. Setiap hari jutaan kendaraan diparkir di sana. Jika dikelola dengan baik tanpa ada kebocoran, retribusi parkir

dari Penitipan hingga Memeras sampai pukul 22.00, dengan denda Rp1.000 jika melanggar batas waktu yang telah ditentukan. Untuk menginap, tarif ditetapkan Rp4.000. Thomas juga mencari tambahan dengan menjual jasa cuci motor dengan biaya Rp5.000. “Dari puluhan atau ratusan motor yang dititipkan, pasti ada yang ingin motornya tampak kinclong saat dibawa pulang,” kata dia. Cara kasar Kebutuhan orang untuk menyimpan kendaraan dengan aman ternyata juga dimanfaatkan sekelompok preman. Misalnya yang terjadi seputaran kompleks Gelora Bung Karno (GBK). Ramli, 28, merasa terganggu saat dia baru saja menghidupkan sepeda motor yang diparkir di dekat Jakarta

Convention Center (JCC). Seorang yang mengaku sebagai petugas parkir tiba-tiba mendekat dan meminta ongkos parkir sebesar Rp2.000. Saat ditunjukkan karcis parkir dengan tarif serupa yang telah dibayar sebelumnya di gerbang masuk, petugas tersebut tetap memaksa agar jumlah yang dimintanya dibayar. “Ini beda dengan yang di gerbang. Kalau motor kamu hilang, saya yang bertanggung jawab, bukan orang di gerbang sana,” ucapnya. Aksi para preman itu juga kerap terjadi bila di kawasan GBK ada pertunjukan musik atau keramaian lainnya. Para preman itu mematok Rp20 ribu untuk biaya menjaga mobil-mobil yang parkir. “Kalau tidak dikasih, mereka mengancam tidak

akan bertanggung jawab kalau sewaktu kita kembali ke mobil, bodinya baret-baret atau kaca spionnya pecah. Ini kan sudah pemerasan,” kata Andi, 30, menceritakan pengalamannya. Kapolsek Tanah Abang AKB Johanson R Simamora mengatakan pihaknya kerap merazia para petugas parkir liar yang menjadi preman itu. “Sudah beberapa kali kami razia. Sewaktu Operasi Sikat Jaya 2011, menjelang SEA Games, bahkan kami tangkap belasan orang,” kata dia. Menurut Simamora, orang yang memungut uang parkir dengan paksaan dan ancaman sudah masuk kategori kriminal. “Kalau masih ada, laporkan saja ke kantor polisi terdekat,” ujarnya. Sekjen Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Ellen Sophie Wulan

Tangkudung mengatakan jika Pemprov DKI berniat menaikkan tarif parkir, hendaknya kebijakan itu berbarengan dengan membereskan segala persoalan parkir yang meresahkan masyarakat. “Jadi, harus dibenahi dulu pengelolaan keuangannya dan sistem perparkirannya. Baru silakan mengajukan usul itu. Kalau tidak, itu hanya akan memberatkan,” katanya. Pembenahan sistem perparkiran yang ia maksud seperti pembersihan parkir liar yang memakan badan jalan. Menurutnya, pemerintah harus fokus jika ingin benar-benar memberlakukan parkir off-street. “Jadi, beresi dulu parkir on-street sampai benar-benar bersih,” katanya. (*/J-4)

LIAR TAPI RESMI: Ratusan motor diparkir di badan jalan di sekitar pusat perbelanjaan ITC Roxy Mas, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Keberadaan lahan parkir itu dapat dikatakan liar karena menempati badan jalan, meskipun para juru parkir berpakaian resmi.

Tanpa Tanggung Jawab cuma Bermodal Peluit BISNIS apa yang paling mengutungkan tanpa modal besar, bahkan tanpa modal sama sekali? Jawabnya ialah bisnis parkir. Wajar jika areal parkir jadi rebutan para preman. Setiap meter lahan punya ‘penguasa’ sendiri-sendiri. Bagi petugas parkir, baik resmi maupun tidak resmi, modalnya hanya peluit dan baru ditiup saat ada mobil yang akan keluar. Namun, saat ada mobil akan parkir, sang pengemudi dibiarkan bingung sendiri mencari posisi parkir. Meskipun tarif resmi parkir di Jakarta Rp1.000, di jalanan, tarif itu telah disesuaikan secara sepihak oleh preman sebesar Rp2.000. Jangan coba-coba memberi Rp1.000 kepada tukang parkir, kecuali kalau Anda siap dicap sebagai warga paling pelit di Jakarta dan dapat bonus damprat. Begitu pula jika Anda menonton sepak bola di Senayan atau menonton pameran di Jakarta Convention Center dan parkir mobil di kawasan itu, jangan coba-coba sok menegakkan peraturan dengan membayar tarif parkir resmi Rp2.000 sebab di kawasan itu Anda wajib hukumnya untuk membayar uang jaga mobil kepada preman di sana minimal Rp5.000. Apakah mobil Anda dijaga? Jelas tidak. Para preman itu tetap menganut prinsip segala kehilangan barang dan kendaraan menjadi tanggung jawab pemilik mobil, sama seperti yang dianut pengelola parkir di gedung-gedung mewah. Itulah yang menyebabkan mengapa banyak pihak getol jika disuruh untuk mengelola parkir. Selain ‘basah’, pengusaha parkir tak dituntut untuk wajib mengenal istilah ‘bertanggung jawab’ atas kehilangan yang diderita pelanggan atau konsumen. Namun yang mengherankan,

bisnis basah itu ternyata tidak mendatangkan pundi-pundi yang jumlahnya signifikan. Pemprov DKI yang berkuasa penuh atas lahan di Jakarta setiap tahunnya rata-rata hanya menerima Rp20 miliar, bahkan sering kurang dari itu. Dari pengelola parkir swasta, Pemprov DKI hanya kebagian pajak, bukan profit sharing.

MI/RAMDANI

Semua itu hanya bisa dilakukan bila layanan angkutan umum sudah benar-benar dibenahi.” Darmaningtyas Pengamat transportasi

Karena tak pernah mencapai target, pada tahun anggaran 2009, Pemprov DKI bahkan menurunkan plafon perolehan parkir dari semula Rp25 miliar menjadi Rp20 miliar. Padahal, DKI Jakarta memiliki sekitar 600 pengelola parkir. Namun, bukan lantaran itu Pemprov DKI Jakarta tahun depan berencana merevisi Perda Nomor 5/2009 tentang Perparkiran. Kepala Unit Pelaksana Teknis Perparkiran DKI Jakarta Enrico Vermy menjelaskan setelah perda itu direvisi, nantinya tarif parkir untuk mobil tidak lagi Rp1.000 per jam, tapi Rp4.000. Tarif parkir sepeda motor yang tadinya cuma 500 perak menjadi

Rp2.000 per jam, sedangkan untuk bus Rp6.000. Dia mengharapkan revisi perda perparkiran yang berisi tarif baru itu diketok palu oleh DPRD. “Namun, kita belum bisa memastikan bulan apa akan diberlakukannya,” ujar Enrico. Pemprov DKI mata duitan? Enggak juga, sih, sebab penaikan tarif parkir itu sematamata dimaksudkan untuk meminimalkan kendaraan pribadi yang selama ini menyesaki jalan-jalan Jakarta. Menaikkan tarif parkir sih boleh-boleh saja. Namun, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo mengingatkan Pemprov DKI agar terbuka mengungkapkan siapa yang dapat keuntungan dari margin penaikan tarif parkir tersebut. “Seharusnya uangnya dipakai untuk membenahi transportasi umum,” katanya kepada Media Indonesia. Pengamat transportasi Darmaningtyas tegas-tegas mengatakan penaikan tarif parkir harus berimbas kepada layanan transportasi publik. Menurut dia, penaikan tarif parkir seharusnya menjadi satu paket dengan tiga kebijakan lain yang telah dikaji Pemprov DKI, yaitu rencana penaikan harga BBM, pembebanan pajak yang lebih besar kepada pengguna kendaraan pribadi, dan pembebanan biaya bagi pengguna jalan. Namun, lagi-lagi, “Semua itu hanya bisa dilakukan bila layanan angkutan umum sudah benar-benar dibenahi,” kata Darmaningtyas. Agar mencapai sasaran, pengelolaan atau bisnis parkir harus pula transparan dan profesional, jangan cuma bermodal ‘tidak bertanggung jawab’ dan peluit. (Vni/*/X-11)

26

O PINI

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

Negara Bergaya Empu Gandring

S

ERING kali terjadi, suatu daerah atau komunitas yang tenang tiba-tiba digemparkan oleh kejadian tindak kekejian, kebiadaban, kekerasan, atau praktik bercorak kebinatangan yang dilakukan seseorang atau sekelompok. Padahal perilaku itu jauh dari pantas dilakukan makhluk bernama manusia, yang menganggap dirinya sebagai elemen bangsa yang humanistis dan nasionalistis. Akibat perilaku manusia demikian itulah wajah Republik ini sering terpojok pada stigma republic of horror. Padahal di republik demikian, rasanya sulit menyebut bahwa masyarakat benar-benar sudah bisa menikmati atmosfer kedamaian hidup berbangsa. Dengan melihat realitas itu, bagaimana mungkin disebut humanisnasionalis kalau nyawa sesama manusia sewaktu-waktu bisa melayang akibat perbuatannya? Di republic of horror, rakyat hanya kadang-kadang memperoleh ketenangan--atau kedamaian yang dirasakan bersifat temporer--karena baru sedikit bisa tidur nyenyak, dalam nuansa canda, menunaikan kegiatan agak rutin, dan saling membangun komunitas secara harmonis, tiba-tiba rakyat dibuat ternganga oleh gerakangerakan biadab yang eksplosif dan masif yang mengakibatkan suasana ideal kembali jadi kontraproduktif. Rakyat dibuat dan dibalut dalam kehidupan merana, sengsara, bahkan hak hidupnya gampang tercerabut. Itulah gambaran republik para hantu, yang kaumnya menebarkan ketakutan, gampang menabur kekejian, dan sangat mudah merelakan darah tum-

F

RANCIS Fukuyama, 60, pada Mei 1999 pernah menulis di The Atlantic Monthly, bacaan elite terbitan Washington DC, bahwa setelah pertengahan sampai menjelang akhir abad ke-20, masyarakat Barat mengalami pergeseran kultur yang mengakibatkan perkembangan negatif dalam kehidupan masyarakat mereka. Ketika tulisan itu terbit, Indonesia baru meninggalkan sistem otoriter menuju demokrasi. Gambaran ilmuwan politik-ekonomi dari Harvard itu menyiratkan kesamaan antara gejala internasional tersebut dan yang kita alami sekarang. Sebenarnya, menurut Fukuyama, Revolusi Industri secara berangsur mengubah total cara dan gaya hidup masyarakat Barat. Namun pada abad informasi, perubahan itu berlangsung lebih cepat dan makin meluas ke banyak negara akibat kemajuan teknologi informasi. Sistem demokrasi Barat di masa itu tidak mampu menanggulangi tumbuh kembangnya budaya individualisme. Banyak kalangan konservatif berpendapat meningkatnya kriminalitas dan hilangnya rasa percaya waktu itu merupakan akibat dari pembiaran dan ketidaktegasan. Mereka bernostalgia dengan sistem otoriter yang pernah dikenal. Sekalipun abad informasi dan teknologinya berhasil membawa

PARTISIPASI OPINI

pah, tak peduli kalau yang jadi korban meninggalkan anak, istri, orangtua, atau pihak-pihak yang menjadi tanggungannya. “Satu nyawa tercerabut berarti membunuh manusia sejagat,” demikian kata Cak Nun (panggilan cendekiawan Nurcholis Majid). Satu nyawa yang dirampas memang identik dengan membunuh manusia sejagat, pasalnya satu nyawa merupakan embrio amanat dan pencerah kehidupan sejarah kehidupan manusia secara universal. Tatkala ada satu orang meninggal, padahal manusia yang terbunuh punya peran makro, sosok populis, serta humanis di masyarakat dan negaranya, itu artinya masyarakat dan negara menderita kerugian besar akibat kehilangan manusia unggul. Ketika nyawa sosok dan komunitas yang sebenarnya di kemudian hari oleh sejarah ‘ditakdirkan’ sebagai kekuatan dan amunisi pembaruan kehidupan bangsa, termasuk yang akan melahirkan (memproduksi) generasi unggul dan ‘mujtahid’ bangsa, sudah dipaksa sejak dini meninggalkan raganya, atau dengan kata lain salah satu organ tubuhnya disfungsi akibat jadi korban kebiadaban, negara dan bangsa telah kehilangan investasi fundamental. Republik ini akhirnya kekurangan bibit-bibit pelaku sejarah atau kandidat ‘pengadil berkemanusiaan’ dan pembaru karena mereka dikorbankan oleh kekuatan kebiadaban yang dipanglimakan dan disuperiorkan. Bangsa ini tak ubahnya menjadi sebuah raga besar tanpa nyawa besar yang menyangga atau menghidupinya. Hanya kelihatan kukuh, tapi sebenarnya ringkih dan keropos

Misranto Guru Besar dan Rektor Universitas Merdeka Pasuruan akibat banyaknya tangan jahat yang beraksi dan terus mengorbankan nyawa manusia. Berkali-kali negeri ini menjadi ajang pertumpahan darah, peluru tumpah, dan aksi kekerasan atau gerakan radikal. Tentu saja ongkos besarnya ialah masyarakat yang tak berdosa. Tak dapat diduga dan kapan waktunya, serta sulit diestimasi, tiba-tiba kejahatan dengan tajuk kekerasan seperti kanibalisme dan mutilasi mencuat, memasuki ‘rumah kita’, mencabikcabik, dan memo-

rak-porandakan kedamaian. Masyarakat dibuat ternganga ketika menyaksikan kebiadaban yang mengoyak persendian konstruksi sosial-budayanya. Indonesia benar-benar menjadi republic of horror. Baru dalam sekejap menjalankan rutinitas, rakyat sudah dihipnosis kalangan pejabat yang menggambarkan seolah-olah negeri ini sudah dikonstruksi kembali menjadi surga dan aman bagi wisatawan lokal maupun asing. Namun ternyata, kekuatan elemen sosial yang mengidap paranoid, skizofrenia, dan bermental binatang layaknya kaum barbar tampil sangat piawai dan keji dalam menjalankan aksi kebinatangan mereka. Kita sering jadi bulan-bulanan dan objek eksperimen kekuatan komunitas radikal-kriminal baik yang berasal dari kelompok orang berideologi fundamentalistis maupun oknum aparat

yang sedang dibalut ‘berahi’ melanjutkan episode apa yang dikenalkan Thomas Hobbes dengan homo homini lupus (manusia itu serigala bagi manusia lain, siapa yang bisa lebih dulu jadi serigala dan mampu menerkam atau mengorbankan yang lain, ia layak bertahan hidup). Mengapa kebiadaban demikian itu masih menjadi episode bersejarah, yang diniscayakan berkelanjutan dan mencoba mencari ‘kedaulatan’ di negeri ini? Barangkali kesalahan sejarah yang ikut membentuk, mendesain, dan mengarsiteki negeri ini patut dikritik, khususnya kalangan pelakunya yang telah meninggalkan ‘dosa-dosa’ yang sezamannya dijadikan sebagai ‘napas pergerakan’ atau nyawa skenario kaum pendahulu. Indonesia memang pernah dibangun secara historis, sarat warna dan ‘tinta merah darah’ kebiadaban. Konstruksi sosial, politik, geogras, dan budaya pada awal negeri ini terbentuk diletakkan dan dibangun secara silih berganti. Dari episode ke episode, kekuasaan gampang dibingkai dengan pergulatan politik dan kepentingan eksklusif yang bercorak banjir darah, konflik bermodus radikalisme, dan dendam membara yang sepertinya tak kenal titik nadir. Itu ujung-ujungnya membenarkan opsi ‘darah halal tumpah’ untuk menyukseskan tujuan pri-

badi, golongan, kekuasaan (suksesi), politik, dan target-target eeksklusif. Salah satu episode bersejarah yang dianggap sebagai embrio kekerasan di negeri ini ialah ‘karma’ Empu Gandring, yang pernah membuat keris sakti. Karena kekuatan keris disalahgunakan Ken Arok, akhirnya sang empu mengeluarkan kutukan bahwa keris itu akan terus memakan tumbal, menumbalkan generasi dalam jalur kekuasaan, yang butuh dilumuri darah hingga tak kenal kering sepanjang zaman. Fakta historisnya, keris warisan Empu Gandring meminta tumbal nyawa dari garis keturunan Ken Arok dan lainnya yang berkonik di ranah kekuasaan atau berdampak mendekonstruksi nasionalisme. Anak Ken Arok dan Anusapati terus bertikai yang ujung-ujungnya nyawa melayang di tangan keris bikinan Empu Gandring. Entah apakah negeri ini mewarisi karma Empu Gandring atau tidak, yang jelas praktik kekerasan, pembantaian, penjagalan, dan perampasan hak hidup sesama benar-benar gampang terjadi di negeri ini. Secara silih berganti, aksi kekacauan, radikalisme, dan kudeta mewarnai anak bangsa, generasi priyayi, dan ‘kelompok darah biru’ akibat telah salah memilih jalan dengan cara menumbalkan nyawa manusia. Mulai Tumapel-Kediri hingga berdiri dan berkembangnya Majapahit, keris Empu Gandring terus-menerus meminta tebusan darah dari trah atau garis keturunan penguasa (raja) yang terbunuh. Salahkah Empu Gandring? Tidak, karena ia membuat alat untuk mempertahankan dan menjaga diri

dari kemungkinan tindakan jahat dan pelanggaran HAM. Namun, akibat keris (simbol senjata dan kekuasaan) yang disalahgunakan, kekerasan atau berbagai bentuk pembunuhan merebak atau marak di tengah masyarakat. Barangkali itulah deskripsi lain dari ‘mengorbankan satu nyawa sama dengan mengorbankan manusia sejagat’, bahwa nyawa manusia yang terampas telah menjadi dosa warisan yang menyulut lahirnya dendam, kedengkian, dan konik berkepanjangan, yang kemudian mengakibatkan banyak nyawa dikorbankan di Bumi Pertiwi ini. Deskripsi tersebut dapat terbaca dengan jelas pada 2011, yang layak disebut sebagai tahun ditemukannya penjagalan nyawa manusia. Tahun 2011 menjadi catatan historis model pembenaran slogan bellum omnium contra omnes (pertikaian antar kelompok) yang diagregasikan negara. Kelompok satu dengan lainnya dibiarkan saling membunuh dan membantai untuk melampiaskan ambisi, dendam, dan ego sektoral serta strukturalnya. Dengan kondisi Republik seperti itu, sudah seharusnya setiap elemen bangsa, khususnya kalangan elemen negara, tidak gampang menghalalkan segala macam cara termasuk menggunakan ‘kutukan Empu Gandring’ yang berpola kekerasan, kebiadaban, dan kebinatangan, seperti dilakukan anak cucu Ken Arok, untuk mewujudkan ambisi-ambisinya. Padahal, ambisi yang terus dibiarkan berkibar tanpa kenal titik nadir akan mengoyak kesakralan doktrin memanusiakan atau membangsakan manusia.

memiliki nurani dan naluri politik. Misalnya, masyarakat tentu mengharapkan kepelopor an pihak-pihak yang dianggap menjunjung keadilan, seperti para hakim, ulama, guru, dan kalangan pers; sekalipun media massa melakukannya sesuai dengan tuntutan fungsi. Mengenai peran pers, dalam diskusi Freedom of the Press Outlook 2012 yang diselenggarakan minggu lalu oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS), disebutkan kemungkinan eskalasi kekerasan struktural menjelang Pemilu 2014. Media massa yang menjadi acuan pemberitaan situasi sosial, politik, dan ekonomi berperan penting sekaligus genting. Sehubungan dengan itu, kebebasan pers bisa terancam oleh undang-undang yang dibentuk untuk mengantisipasi kekacauan. Semisal Undang-Undang Intelijen. Yang dikhawatirkan, pers berkualitas justru akan menghindar dari kemungkinan keterlibatan, demi alasan apa pun. Fakta itu mungkin bisa merugikan idealisme pers. Pers Indonesia mendapatkan kebebasan sejak awal reformasi. Sekarang dia dianggap yang paling bebas di Asia Pasifik. Sikap egaliternya memadai. Akan tetapi, profesionalismenya, menurut para pendiskusi SPS, harus terus ditingkatkan.

Banyak yang gerah terhadap sikap dan perilaku pers. Pada 2011 466 pengaduan diterima Dewan Pers; 120 disampaikan langsung, 346 melalui tembusan. Di antara kasus-kasus itu, 76 menyangkut pelanggaran kode etik. Media massa mencerminkan masyarakatnya. Tenaga-tenaga pengelolanya tidak homogen, baik kemampuan maupun pandangannya. Namun karena dianggap sebagai ‘kekuasaan ke-4’--mengingat besarnya pengaruh terhadap masyarakat-wajar kalau dia dipuja sekaligus dibenci, sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi dan siapa yang sedang berkepentingan. Sampai saat ini, jumlah harian secara nasional mencapai 401, mingguan 284. Sejak 2008 jumlahnya terus meningkat. Dilaporkan, dalam diskusi akhir tahun SPS itu, menjelang Pemilu 2014 terjadi perburuan penerbitan. Harga perusahaan pers melambung tinggi asalkan jual-beli berlangsung sebelum 2014. Karena pentingnya peran pers sebagai alat komunikasi, dia pun didorong untuk menjadi media transaksional. Apakah politik transaksional bisa dibendung? Apakah lembaga-lembaga dan alat-alat negara perlu reformasi lanjutan, termasuk birokrasi dan polisinya? Bila melihat kekisruhan akhir-akhir ini, restorasi menjadi suatu keniscayaan.

Hakikat Gejala Sosial 2012 kemajuan besar bagi peradaban manusia, dampak negatifnya tidak kalah dahsyat. Normanorma dan nilai-nilai kehidupan tradisional, yang sebelumnya berhasil membangun sendisendi kekerabatan dan kebersamaan antarkeluarga dan antarwarga masyarakat, tidak bisa lagi bertahan. Walaupun masih bersama, mutu ikatan mereka berbeda. Budaya individualisme yang merebak pesat memberi ilusi bahwa manusia modern lebih mandiri karena berpikir dan bertindak lebih cepat. Gerakangerakan pembebasan telah melepaskan mereka dari kekangan norma-norma, nilai-nilai, dan aturan moral tradisional. Mereka sepertinya meyakini yang dikatakan lsuf Inggris Thomas Hobbes (1588-1679), “Every man against every man.” Splendid isolation mustahil Perkembangan sosial di luar Indonesia itu tentu sejak awal dicermati founding fathers. Rasanya bukan secara kebetulan mereka merumuskan Pancasila sebagai falsafah bangsa, mengantisipasi gejala tergesernya nilai-nilai dan tatanan moral tradisional akibat modernisasi kehidupan. Namun lacurnya, gelombang globalisasi tidak mungkin dicegah. Lagi pula siapa yang mau ditinggalkan modernisasi? Splendid isolation

(isolasi sempurna) mustahil dilakukan. Pertarungan konsep sosialpolitik dan ekonomi terus terjadi selama Orde Lama, Orde Baru, bahkan di masa reformasi sekarang. Semuanya merefleksikan situasi baik dalam maupun luar negeri. Terjadi pergeseran kultur karena di luar Indonesia pun pergeseran itu berlangsung. Budaya individualisme yang lepas kendali, yang berawal dari luar, telah mengacaukan ketertiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Gejalanya makin lama makin parah, seperti disimpulkan dalam berbagai reeksi akhir tahun di Ibu Kota. Masyarakat mencari kambing hitam. Tak pelak, kesalahan lebih banyak ditujukan kepada kepemimpinan dan pihakpihak lain yang dianggap memiliki kekuasaan. Dalam seminar tutup tahun CSIS, misalnya, seorang peserta dengan tegas menyesalkan peran media massa dalam karut-marut sosial-politik akhir-akhir ini. Dalam kaitan itu, tentunya tidak ada pihak yang benar sendiri. Dalam masyarakat demokratis, bukankah tanggung jawab dipikul bersama? Asumsinya, perbuatan-perbuatan salah atau benar dilakukan dan ditanggulangi bersama, kecuali bila masyarakat memang

DOK-PRIBADI

Toeti Prahas Adhitama Anggota Dewan Redaksi Media Group

Apakah lembagalembaga dan alat-alat negara perlu reformasi lanjutan, termasuk birokrasi dan polisinya? Bila melihat kekisruhan akhir-akhir ini, restorasi menjadi suatu keniscayaan. ditinggalkan dan dikucilkan dari pengambilan-pengambilan keputusan. Menggalang optimisme Ketika melihat perkembang-

an sejauh ini, wajar bila banyak yang memperkirakan di tahun 2012 situasinya bisa lebih buruk, khususnya yang menyangkut urusan kenegaraan. Namun berkaitan dengan itu, menurut Fukuyama, salah satu perkembangan intelektual paling menarik dan paling penting ialah ketertiban masyarakat tidak terbentuk melalui mandat top-down dalam kekuasaan politik yang hierarkis. Ketertiban terbentuk karena individu-individu mengorganisasi diri tanpa mandat kekuasaan terpusat. Artinya, optimisme masyarakat untuk membangun diri melawan gejala-gejala negatif yang tumbuh di lingkungan mereka bisa menjamin ketertiban masyarakat. Dalam masyarakat tradisional, ketertiban masyarakat dijaga normanorma dan tata moral. Dalam masyarakat modern, ketertiban masyarakat seharusnya dijaga hukum dan peraturan yang dibentuk dan disepakati bersama. Terjadinya pelanggaran-pelanggaran hukum dan peraturan yang marak akhir-akhir ini sebenarnya menjadi tanggung jawab bersama. Selain individuindividu yang mengorganisasi diri, banyak pihak lain dapat diharapkan berperan serta dalam mahakarya untuk mengatasinya, khususnya mereka yang

Kirimkan ke email: opini@mediaindonesia.com atau opinimi@yahoo.com atau fax: (021) 5812105, (Maksimal 7.100 karakter tanpa spasi. Sertakan nama. alamat lengkap, nomor telepon dan foto kopi KTP).

Pendiri: Drs. H. Teuku Yousli Syah MSi (Alm) Direktur Utama: Rahni Lowhur-Schad Direktur Pemberitaan: Saur M. Hutabarat Direktur Pengembangan Bisnis: Alexander Stefanus Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F.Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat, Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti P. Adhitama Redaktur Senior: Elman Saragih, Laurens Tato, Saur M. Hutabarat Deputi Direktur Pemberitaan: Usman Kansong Kepala Divisi Pemberitaan: Kleden Suban Kepala Divisi Content Enrichment: Gaudensius Suhardi Deputi Kepala Divisi Pemberitaan: Abdul Kohar Sekretaris Redaksi: Teguh Nirwahyudi Asisten Kepala Divisi Pemberitaan: Ade Alawi, Fitriana Siregar, Haryo Prasetyo, Ono Sarwono, Rosmery C.Sihombing Asisten Kepala Divisi Foto: Hariyanto

Redaktur: Agus Mulyawan, Anton Kustedja, Cri Qanon Ria Dewi, Eko Rahmawanto, Eko Suprihatno, Hapsoro Poetro, Henri Salomo Siagian, Ida Farida, Jaka Budisantosa, Mathias S. Brahmana, Mochamad Anwar Surahman, Sadyo Kristiarto, Santhy M. Sibarani, Soelistijono Staf Redaksi: Adam Dwi Putra, Agung Wibowo, Ahmad Punto, Akhmad Mustain, Andreas Timothy, Aries Wijaksena, Aryo Bhawono, Asep Toha, Asni Harismi, Bintang Krisanti, Christine Franciska, Cornelius Eko, Denny Parsaulian Sinaga, Deri Dahuri, Dian Palupi, Dinny Mutiah, Dwi Tupani Gunarwati, Emir Chairullah, Eni Kartinah, Eri Anugerah, Fardiansah Noor, Fidel Ali Permana, Gino F. Hadi, Heru Prihmantoro, Heryadi, Hillarius U. Gani, Iis Zatnika, Irana Shalindra, Irvan Sihombing, Iwan Kurniawan, Jajang Sumantri, Jerome Eugene W, Jonggi Pangihutan M., M. Soleh, Mirza Andreas, Mohamad Irfan, Muhamad Fauzi, Nurulia Juwita, Panca Syurkani, Raja Suhud V.H.M, Ramdani, Rommy Pujianto, Selamat Saragih, Sidik Pramono, Siswantini Suryandari, Sitriah Hamid, Sugeng Sumariyadi, Sulaiman Basri, Sumaryanto, Susanto, Syarief Oebaidillah, Thalatie Yani, Tutus Subronto, Usman Iskandar, Vini Mariyane Rosya, Wendy Mehari, Windy Dyah Indriantari, Zubaedah Hanum Biro Redaksi: Dede Susianti (Bogor) Eriez M. Rizal (Bandung); Kisar Rajagukguk (Depok); Firman Saragih (Karawang); Yusuf Riaman (NTB); Baharman (Palembang); Parulian Manulang (Pa-

dang); Haryanto (Semarang); Widjajadi (Solo); Faishol Taselan (Surabaya) MICOM Asisten Kepala Divisi: Tjahyo Utomo, Victor J.P. Nababan Redaktur: Agus Triwibowo, Asnawi Khaddaf, Basuki Eka Purnama, Edwin Tirani, Patna Budi Utami, Widhoroso, Yulius Martinus Staf Redaksi: Ahmad Maulana, Heni Rahayu, Nurtjahyadi, Prita Daneswari, Retno Hemawati, Rina Garmina, Rita Ayuningtyas, Wisnu Arto Subari Staf: Abadi Surono, Abdul Salam, Budi Haryanto, Charles Silaban, M. Syaifullah, Panji Arimurti, Rani Nuraini, Ricky Julian, Vicky Gustiawan, Widjokongko

kandar, Mahmudi, Ni Nyoman Dwi Astarini, Riko Alfonso, Suprianto ARTISTIK Redaktur: Annette Natalia, Donatus Ola Pereda, Gatot Purnomo, Marjuki, Prayogi, Ruddy Pata Areadi Staf Redaksi: Ali Firdaus, Ami Luhur, Ananto Prabowo, Andi Nursandi, Aria Mada, Bayu Aditya Ramadhani, Bayu Wicaksono, Briyan Bodo Hendro, Budi Setyo Widodo, Dedy, Dharma Soleh, Endang Mawardi, Fredy Wijaya, Gugun Permana, Hari Syahriar, Haris Imron Armani, Haryadi, Marionsandez G, M. Rusli, Muhamad Nasir, Muhamad Yunus, Nana Sutisna, Novi Hernando, Nurkania Ismono, Permana, Putra Adji, Tutik Sunarsih, Warta Santosi Olah Foto: Saut Budiman Marpaung, Sutarman.

DIVISI TABLOID, MAJALAH, DAN BUKU (PUBLISHING) Asisten Kepala Divisi: Gantyo Koespradono, Jessica Huwae Redaktur: Agus Wahyu Kristianto, Lintang Rowe, Regina Panontongan Staf Redaksi: Arya Wardhana, Rahma Wulandari CONTENT ENRICHMENT Asisten Kepala Divisi: Yohanes S. Widada Periset: Heru Prasetyo (Redaktur), Desi Yasmini S Bahasa: Dony Tjiptonugroho (Redaktur), Aam Firdaus, Adang Is-

PENGEMBANGAN BISNIS Kepala Divisi Marketing Communication: Fitriana Saiful Bachri Kepala Divisi Marketing Support & Publishing: Andreas Sujiyono Asisten Kepala Divisi Iklan: Gustaf Bernhard R Perwakilan Bandung: Arief Ibnu (022) 4210500; Medan: Joseph (061) 4514945; Surabaya: Tri Febrianto (031) 5667359; Semarang: Desijhon (024) 7461524; Yogyakarta: Andi Yudhanto (0274) 523167; Palembang: Ferry Mussanto (0711) 317526, Pe-

kanbaru: Bambang Irianto 081351738384. Telepon/Fax Layanan Pembaca: (021) 5821303, Telepon/ Fax Iklan: (021) 5812107, 5812113, Telepon Sirkulasi: (021) 5812095, Telepon Distribusi: (021) 5812077, Telepon Percetakan: (021) 5812086, Harga Langganan: Rp67.000 per bulan (Jabodetabek), di luar P. Jawa + ongkos kirim, No. Rekening Bank: a.n. PT Citra Media Nusa Purnama Bank Mandiri - Cab. Taman Kebon Jeruk: 117-009-500-9098; BCA - Cab. Sudirman: 035-306-5014, Diterbitkan oleh: PT Citra Media Nusa Purnama, Jakarta, Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan/Sirkulasi: Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat - 11520, Telepon: (021) 5812088 (Hunting), Fax: (021) 5812102, 5812105 (Redaksi) e-mail: redaksi@mediaindonesia.com, Percetakan: Media Indonesia, Jakarta, ISSN: 0215-4935, Website: www.mediaindonesia.com, DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, WARTAWAN MEDIA INDONESIA DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU MEMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN

B EDAH EDITORIAL

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

EDITORIAL

27

Editorial @

29 Desember 2011

Pendek Umur Foke-Prijanto

G

UBERNUR DKI Jakarta Fauzi Bowo--yang juga dikenal sebagai Foke-dan wakilnya, Prijanto, masih segar bugar. Tetapi kemesraan keduanya sebagai pasangan yang meminta dan memperoleh mandat rakyat berumur pendek. Prijanto mengundurkan diri setengah tahun menjelang akhir masa jabatan. Beberapa kali dalam penjelasan tentang keputusannya, Prijanto terlihat menahan air mata. Sebuah buku yang ditulisnya: Andaikata Saya dan Anda Jadi Kepala Daerah, diminta agar dibaca

untuk mengetahui secara utuh alasan di balik keputusan yang mengejutkan itu. Prijanto menjadi orang ketiga dalam tempo setahun yang mengakhiri jabatan wakil kepada daerah di tengah jalan. Sebelumnya, Dicky Chandra mundur sebagai Wakil Bupati Garut, dan Rano Karno melepaskan jabatan Wakil Bupati Tangerang karena terpilih menjadi Wakil Gubernur Banten.

Laksanakan Amanat Rakyat

Prijanto, Rano, dan Dicky ialah tiga contoh dari perkara besar tentang hubungan, kewajiban,

dan tanggung jawab pasangan kepala daerah dalam rezim pemilihan langsung di era reformasi. Data dari Kementerian Dalam Negeri memperlihatkan hanya 6,15% pasangan bupati/kepala daerah yang mesra dari awal sampai akhir. Mereka berpasangan pada periode pertama dan berpasangan lagi pada periode kedua. Sisanya, bagian terbesar, pecah kongsi dengan berbagai alasan. Walau berbagai argumen membenarkan pengunduran diri sebagai hak, satu perkara utama patut dipertanyakan. Yaitu, seberapa besar kepatuhan kepala daerah dan wakilnya terhadap apa yang disebut mandat rakyat. Konsep ketatanegaraan kita juga mengakomodasi supremasi mandat rakyat itu. Tidak ada alasan apa

pun yang menghalangi legitimasi suara rakyat. Ketika seseorang meraih mayoritas suara melalui pemilu langsung, meski orang tersebut memiliki cacat fisik, dia sah dan harus dilantik. Untuk menghormati supremasi mandat rakyat sebagai mandat Tuhan, perlu dipikirkan prosedur dan syarat pencalonan kepala daerah. Ada pikiran agar bupati dan wakilnya tidak sebagai satu paket. Wakil ditentukan bupati terpilih, dan sebaiknya pejabat karier di lingkungan pemda. Ada juga menganjurkan agar dalam undang-undang pemerintahan daerah ditetapkan syarat bahwa pasangan bupati diharuskan melakoni jabatan sampai tuntas. Yang mengundurkan diri diberi sanksi berat. Lalu, ada juga pikiran agar bupati dan wakilnya direkrut dari partai politik yang sama supaya meminimalisasi konflik. Kongsi yang terlalu banyak pecah di tengah jalan tidak saja memperpendek umur pengabdian, tetapi juga mengabaikan tanggung jawab terhadap mandat.

MUNDURNYA seorang pejabat adalah hak si pejabat tersebut. Namun, lebih elok apabila si pejabat tersebut menghabiskan masa jabatannya dengan melaksanakan amanat dari rakyat. RhomaRio IndRa PaNe

Aneh Aja SUNGGUH mengherankan. Jadi, apa kesepakatan yang mereka buat waktu maju pemilu kada? Aneh aja orang mau bekerja sama tanpa ada kesepakatan. Haerudin Tea

Tidak Seirama KETIKA visi dan misi tak lagi berjalan seirama di antara kedua pihak, perpisahan itu yang akan terjadi. Betawie Pamoelank

Hak Pribadi ITU kehendak si Prijanto, mau mundur/tidak. Kita enggak bisa banyak memprotesnya karena itu hak pribadinya. Tirta Ari Nurahman

Budaya Mundur MANTAP budaya mundur yang dilakukan beberapa orang pejabat. Intinya kalau tidak sanggup menjalankan amanat rakyat, ya mundurlah kau.... Mantap. Newsome Jo Pardede

SENO

Tidak Konsisten Mundur sebelum Menang SESEORANG yang diberi amanah dan dipilih rakyat untuk menjadi pemimpin negara ataupun daerah menjalan tugas sampai tuntas, jangan mundur di tengah jalan apalagi jika berniat untuk dipilih kembali. Yudi

Khianati Aspirasi Rakyat PENGUNDURAN diri dengan alasan apa pun berarti mengkhianati rakyat karena kontraknya 5 tahun. Kalau wakil terpaksa mundur, berarti bupati atau gubernur juga harus. Mundur karena mengkhianati kontrak dengan rakyat untuk berpasangan dalam periode 5 tahun. Karena pengunduran di dalamnya terdapat pengkhianatan kontrak aspirasi rakyat nakal, kalau ada salah satu

pasangan mundur, keduanya harus berakhir dan segera dilakukan pemilihan. Nurhanuddin

Konflik APA pun alasannya, yang jelas terjadi conict of interest. Yepi Taukurrahman

Melankolia

jadi pemimpin. Kalau memaksakan diri, pasti akan jadi pemimpin yang manja dan mengalami melankolia. Indroyono Kirimkan tanggapan dan komentar Anda Atur sajalah melalui: SMS INTERAKTIF 0811140772

Senin-Sabtu, 07.05 WIB di Metro TV ONLINE mediaindonesia.com

ATUR sajalah. Terserah kalian, aku cuma lihat ini sebagai suatu proses pendewasaan. Samwan

Jadi Ambigu

FACEBOOK Harian Umum Media Indonesia

SEHARUSNYA pemimpin itu mampu menahan beban tekanan baik sik, psikologis, pekerjaan, maupun lingkungan. Kalau tidak sanggup dengan itu semua, jangan pernah

WAKIL juga masih menjadi magnet bagi calon kepala daerah untuk memenangi pemilu kada. Itu bisa dilihat di beberapa daerah, bahwa konteks keterlibatan wakil harus dilihat secara

menyeluruh. Jika pemikiran tersebut nantinya bisa diterima, harusnya peraturan yang dibuat sebaliknya. Apabila kepala daerah dan wakilnya tidak mampu untuk menjalankan tugas dengan baik, harus dengan rela melepaskan jabatan, jangan jadi ambigu. Gerard

Sudah Lama Ada PECAH kongsi sudah lama di puncak politik Indonesia, seperti Moh Hatta memilih mengundurkan diri sebagai Wapres (1956) karena berbeda prinsip dengan Presiden Soekarno. Lalu, pecah kongsi terjadi ketika Presiden SBY meninggalkan JK sebagai calon wapres pada pilpres masa jabatan II (2009-2014) dan memilih Boediono yang Gubernur Bank Indonesia. Hskarnadi

ITU namanya tidak konsisten. Kenapa harus mundur, itu yang menjadi tanda tanda. Cahyo Oke

Kok Baru Sekarang? KOK baru sekarang enggak cocok? Empat tahun setengah yang lalu ngapain aje??? Giliran mau habis masa jabatan, baru enggak cocok lagi. Jufri Suhenda

Pilihan Mereka YA sudahlah. Itu hak dan menjadi pilihan mereka. Yang penting jangan mendustai rakyat jelata. Hehehe.... Cipta Cinta Damai

Kongsi PECAH kongsi! Sodiqq Fajar

Lebih Baik Lagi

Amanah Rakyat Tergilas Kepentingan Politik JABATAN wakil kepala daerah dan jabatan wakil-wakil lainnya dihapuskan saja, tidak perlu ada. 628123726xxx

yang mundur, wajib mengembalikan uang negara. 6282146431xxx

TIDAK usah ada wakil, buangbuang biaya saja. Biar orang yang nomor satu yang kerja keras. 6281548019xxx

PERLU diluruskan antara kepentingan politik dan kepentingan publik serta meredam aksi kepentingan politik sebagai mayoritas pelaksanaan pembangunan. 6281339563xxx

APA pun alasan pengunduran diri Wagub DKI, tidak dapat ditoleransi. Ke depan, bagi gubernur, wagub, bupati, wabup, wali kota dan wakil wali kota

SEBAIKNYA sistem pemilihan gubernur dipilih oleh DPRD, wakilnya dipilih dari PNS karier oleh gubernur terpilih, begitu juga bupati

FORUM

dan wali kota. 6285692560xxx AMANAH rakyat sudah tergilas oleh kepentingan politik sejak awal pemilu atau pemilu kada. Lalu, untuk apa mereka dipilih lagi? 6285861398xxx KAPANKAH kita sadar dan melakukan semua untuk membangun negeriku, bangsaku. 6281367199xxx WAHAI rakyat Indonesia, biarkan mereka mundur agar ada

Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: forum@mediaindonesia.com

pemilu kada lagi. Selain itu, meskipun mereka terpilih lagi, tidak bakalan memikirkan nasib rakyat. 628170507xxx

keberhasilan dari jabatan dan kekuasaan. 622295820xxx

CIPTAKANLAH iklim sejuk antara kepala daerah dan wakilnya, semoga sukses membangun daerah mereka. 6281957358xxx

WAKIL bupati atau bupati tidak perlu karena selama ini tanpa wakil, pemerintahan dapat terlaksana dengan baik. Ada wakil di daerah justru tambah beban bagi anggaran negara. 6285763170xxx

KAMI sangat mendukung mundurnya Dicky Chandra dan Pak Prijanto. Percuma punya partner. Biarkan mereka lebih leluasa untuk meraup

HARUS dikaji kembali mana yang menjadi kekuasaan kepala daerah atau wakil kepala daerah. Keduanya jangan rebutan. 6289698014xxxx

Kirimkan komentar Anda atas tema Kemacetan makin Menggila (periode 26 - 31 Desember 2011) ke: opini publik di mediaindonesia.com

Penambahan Daya oleh PLN Sangat Lambat

Tanggapan Telkom

A

M

WALNYA saya, dengan ID pelanggan 534440077166 dan beralamat di Jl Veteran No 16 Kota Purwakarta, pada Kamis, 17 November 2011, ingin menambah daya listrik dari 2.200 W ke 4.400 W karena beban peralatan listrik di tempat saya yang sudah berlebih. Saya pun mendatangi kantor PLN Unit Purwakarta. Saat itu, saya kagum dengan tekad PLN memberantas pungli dengan moto ‘pelayanan tanpa tatap muka’ dan mereka menyarankan penambahan daya dilakukan oleh saya pribadi dengan telepon ke call center 123. Esoknya, pada Jumat 18 November, saya menelepon 123 dan diterima oleh CS yang menjelaskan langkah-langkah penambahan daya listrik. Mulai pelunasan rekening listrik November sampai pembayaran registrasi sebesar Rp1.711.000 dengan nomor registrasi 5344413007476 sudah saya bayar semua di kantor pos Purwakarta pada hari yang sama. Itu semua karena saya sangat memer-

lukan penambahan daya listrik tersebut. Lalu saya diberi nomor agenda 534440121111183526 dan saya dijanjikan bahwa penambahan daya akan dilakukan maksimal 10 hari kerja (sekitar dua minggu berdasarkan kalender). Namun, antusiasme di awal yang kagum terhadap tekad PLN memberantas pungli tersebut berubah menjadi kekecewaan. Hingga 24 Desember 2011 yang artinya sudah lebih dari 25 hari kerja, belum ada penyelesaian yang dilakukan PLN. Itu berarti PLN mengingkari janji mereka. Sebelumnya saya juga beberapa kali menghubungi kembali call center 123 dan telah diberi beberapa nomor resi pengaduan seperti K201112090325 dan K201112120402. Tapi, jawaban call center 123 hanya, “Mohon ditunggu saja, Pak.” Bahkan, ketika saya menghubungi call center 123 dan diterima CS perempuan, pengaduan saya berakhir dengan ditutupnya sambungan telepon oleh CS tersebut.

Andaikata tempat saya tidak setiap hari mengalami turun MCB (istilah kami anjlok). Saya khawatir alat-alat listrik akan cepat rusak karena kurang daya listrik. Mungkin saya bisa diam saja menunggu janji manis PLN. Tapi, karena setiap hari mengalami anjlok MCB sampai lebih dari lima kali sehari, saya pada kesempatan ini meminta PLN Unit Purwakarta dan PLN Regional Jabar khususnya menindaklanjuti pengaduan ini karena lokasi kami juga di dalam kota dan bahkan terhitung dekat dari kantor PLN Unit Purwakarta. Terpikir juga oleh saya supaya fair. Pelanggan PLN yang terlambat bayar listrik pasti didenda, bagaimana kalau kami meminta penalti karena wanprestasi PLN yang ingkar janji karena dapat menyebabkan alat listrik kami cepat rusak? Harris Dwi Novianto Purwakarta

ENANGGAPI surat pembaca yang disampaikan Bapak Ramadhian AB yang dimuat harian Media Indonesia pada 21 Desember 2011 dengan judul ‘Mohon Informasi Program Tarif Promosi’, kami manajemen Telkom menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelayanan yang Bapak rasakan. Pihak Telkom telah menghubungi Bapak Ramadhian AB untuk mengklarikasi permasalahan yang dialami. Berdasarkan cek ulang data pelanggan, didapat hasil bahwa pelanggan masih dikenai tarif promo berlangganan Speedy dengan paket Socialia sebesar Rp99 ribu (belum termasuk PPN 10%) selama setahun, yang berlaku hingga Desember 2012. Pihak Telkom telah menjelaskan hal itu kepada Bapak Ramadhian AB dan yang bersangkutan sangat mengapresiasi informasi itu. Atas perhatian dan kepercayaan Bapak kepada Telkom kami ucapkan terima kasih.

Sri Rezeki Manager Communication Jabodetabek

MUNGKIN pepatah yang dipakai ialah hari ini harus lebih baik daripada kemarin. Itu yang dipegang Wakil Gubernur DKI yang sudah bisa mengukur bahwa gubernur sekarang pasti tidak akan terpilih lagi. Karena ternyata tidak mampu mewujudkan janji-janjinya dalam kampanye. Semar Cupuning Alam

Pintar Omong Doang SEHARUSNYA dari dulu-dulu Wakil Gubernur mundur dari jabatannya karena ternyata gubernurnya cuma pinter ngomong doang. Asan Arnasan

K LASIFA

28

R

Sensasi Menyelam di Pulau Racun, Sulawesi Utara

ACUN pada dasarnya merupakan hal yang harus dijauhi, karena umumnya sangat berbahaya. Namun ada suatu racun yang sangat menarik untuk diketahui lebih dalam dan tidak berbahaya. Racun tersebut adalah Pulau Racun. Pulau Racun merupakan pulau karang seluas 1,8 hektare dan ditumbuhi pepohonan perdu dan pohon besar. Sangking kecilnya pulau tersebut, tidak ada pantai di pulau itu. Bahkan, di bagian tepi terdapat daerah curam yang langsung berbatasan dengan air laut.

KERJASAMA www.danatunaijaminanbpkb.com, Lsg cair sd 100M, Bng 0,3% / 3,9% undur 45hr.Ins bng hlng, PLATINUM Blvd Brt Ry G65, 45851381-3.

KULIT ASLI Furniture,Car,Fashion,Promotion,Walet, Bag, Shoes,etc. Harco Elektronik Mangga Dua,Ruko Blok B No.2 Jakarta Tlp.612.8888 www.dhenigleather.com

PERHIASAN STAR ARLOJI ,BELI JAM bks/berlian dgn hrgTgg ROLEX,BULGARI,OMEGA,BREITLING,dll,Hub:Bp. TONY 392 9079,0812 9455 198 Apt MentengPrada Lt. 1 No.2J dpn St.Cikini (Dtg ke tmpt).

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

Untuk menuju Pulau Racun harus mengarungi perairan Teluk Buyat. Pulau berada di Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Jaraknya sekitar 4,3 kilometer dari Pelabuhan Lakban atau sekitar 15 menit dari Pantai Buyat dengan speedboat dan 30 menit dengan perahu motor. Bila dari Kota Manado dibutuhkan waktu sekitar 3,5 jam ke Ratatotok dengan kendaraan travel. Pulau Racun dipenuhi dengan wisatawan yang ingin snorkeling dan diving. Waktu terbaik untuk menyelam pada pukul 07.00-11.00 dan pada Mei-Desember.

Saat itu, arus air relatif tenang sepanjang hari. Jenis penyelaman yang digemari ialah fun dan deep diving dengan jarak pandang 20-25 meter dengan suhu 26-32 derajat celsius, dan kedalaman 5-40 meter. Namun ketika sampai di Pulau Racun, kapal speedboat sebagai transportasi utama tidak dapat berlabuh dan harus menambatkan jangkar beberapa meter jaraknya dari pulau. Hal itu karena speedboat dapat menabrak terumbu karang atau karang terjal. Pulau Racun dikelilingi aneka terumbu karang beragam

yang bentuknya masih utuh. Terdapat juga bongkahan batu besar yang ditutupi karang dan algae. Ada karang batu Genus acropora berbentuk meja yang paling dominan, ikan butterflyfish, damselfish, ikan pelagis, dan manta ray. Pulau itu disebut Pulau Racun, karena di kedalaman laut banyak terdapat bulu babi. Sehingga sesudah penyelaman, badan akan kemerah-merahan dan gatal-gatal. Karena itu disarankan untuk memakai baju selam agar kulit aman daru bulu babi. (Sus/S-1)

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

K LASIFA

29

30

O LAHRAGA

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

Kido/Nova Kandas di Semifinal Copenhagen Masters

Giliran Bobcats Disengat Heat Boston Celtics kembali harus menelan kekalahan setelah menyerah dari New Orleans Hornets di New Orleans Arena. THALATIE YANI

T

EMBAKAN dua angka Dwyane Wade di detik-detik terakhir membawa Miami Heat menyengat Charlotte Bobcats 96-95 dalam kompetisi bola basket Amerika (NBA), kemarin. Kemenangan yang diraih Heat menjadikan finalis musim lalu itu meraih tiga kali kemenangan berturutturut, yang merupakan hasil terbaik untuk sejumlah tim papan atas. Di depan ribuan pendukung Bobcats yang memenuhi Time Warner Cable Arena, Charlotte, Heat tidak tampil seperti pada dua laga sebelumnya. Ketika menghadapi dua tim juara, Dallas Mavericks dan Bolton Celtics, Heat tampil amat agresif. Meski tetap mengandalkan trio LeBron James, Crish Bosh, dan Wade, Heat tampak kesulitan menembus pertahanan Bobcats yang sangat ketat. Banyaknya turn overs dan tembakan meleset membuat Heat harus menyerah 20-32 dan 25-28 di

dua kuarter awal. Kedudukan hingga akhir babak pertama 60-45 untuk Bobcats. Tertinggal tujuh setengah bola membuat Heat bermain lebih agresif di babak kedua. Lewat aksi-aksi James dan Bosh, tim asuhan Erik Spoelstra itu mampu merebut kuarter tiga dengan skor cukup telak 24-10. Kedudukan hingga akhir kuarter ini 70-69, masih untuk kemenangan Bobcats. Selisih poin yang hanya setengah bola membuat pertandingan di perempat waktu terakhir berjalan semakin ketat. Kedua tim silih berganti mencetak poin. Kedudukan hingga 5 detik akhir pertandingan 95-94 untuk keunggulan Bobcats. Namun, saat Bobcats siap meraih kemenangan, Wade tampil menjadi pahlawan. Lewat drive-nya yang menembus pertahanan Bobcats, ia melepaskan tembakan dua angka, 96-95. “Kami memiliki kepercayaan diri yang tinggi di lapangan pada pertandingan itu,” kata James yang menjadi pencetak angka terbanyak timnya dengan 35 poin seusai pertandingan.

PE PEBULU tangkis Indonesia Nova mengikuti jejak Nova/ Markis Kido kandas di seminal Pia Zebadiah Bernadet yang M Copenhagen Masters 2011 di sebelumnya tereliminasi di Co Kopenhagen, Denmark, Kamis seminal turnamen yang memKo (29/12). Kido yang berduet de- perebutkan Dkr322 ribu (Rp509 (29 ngan Nova Widianto tunduk di juta), Selasa. Nova/Pia kalah ng hadapan pasangan tuan rumah dari ganda campuran tuan ruha yang juga peringkat tiga dunia mah nomor tiga dunia Joachim ya Fischer/ChrisMathias Boe/ M tinna PederCarsten MoCa sen 8-21 dan gensen. ge 13-21. Di kejuaraan Meski menginvitasi itu, duet inv alami kekalahKido/Nova an di Copentidak banyak tid hagen Masters melakukan perm 2011, Kasubbid lawanan. Hasil law Pelatnas Christelak pun tidak tel tian Hadinata terelakkan di te ANTARA yakin Kido game pertama ga dapat bangdengan 4-21. de kit kembali di “Kami meKorea Open mulai dengan m Super Series baik dan tidak ba Premier 2012 memberikan di Seoul, 3-8 mereka kesemm Januari 2012. patan di game Christian Hadinata pa Namun, langpertama. Me- Kasubbid Pelatnas pe kahnya tidak reka pemain re yang baik, tapi Nova tidak mudah. Kido yang berpasangan ya banyak bermain ganda putra,” dengan Hendra Setiawan akan ba ujar Mathias Boe sebagaimana berhadapan dengan unggulan uja dikutip dari BadmintonDenmark. ketujuh turnamen asal China di Chai Biao/Guo Zhendong. com, kemarin. com “Yang jelas, siapa pun, kalau Di game Kido/Nova memberikan perlawanan sengit mela- persiapannya bagus, mungkin rik wan Boe/Mogensen. Namun, menang. Di Korea Open, Kido wa pasangan Denmark itu bermain akan duet lagi dengan Hendra. pa bertahan dan menundukkan Kalau persiapan bagus dan mebe reka siap, mereka bisa menang pasangan Indonesia 21-17. pa “Anda tidak boleh melu- dari Biao/Zhendong,” ujar pakan Kido merupakan juara Christian di Jakarta, kemarin. pa Christian juga berharap peOlimpiade dan juara dunia. Ol Mereka ingin bermain cepat dan bulu tangkis Indonesia yang M melakukan pukulan yang tepat akan tampil memberikan yang m dan mereka tampil lebih baik di terbaik di Korea. Poin di turnada game kedua. Namun, sekarang men tingkat premier itu lebih ga kami sangat menantikan nal,” tinggi jika dibandingkan deka ngan kejuaraan super series ujar Boe. uja Dengan kekalahan itu, Kido/ biasa. (KK/M-6)

Yang jelas, siapa pun, kalau persiapannya bagus, mungkin menang.”

REUTERS/CHRIS KEANE

TEROBOSAN WADE: Shooting guard Miami Heat Dwyane Wade (kiri) coba menerobos hadangan guard Charlotte Bobcats Gerald Henderson dalam laga NBA di Time Warner Cable Arena, Charlotte, AS, kemarin. Heat mempermalukan tuan rumah dengan skor tipis 96-95. “Kami juga memberi kredit untuk dia (Wade) yang membuat tembakan-tembakan hebat dalam pertandingan seperti itu,” lanjut James memuji penampilan rekannya yang hanya berhasil menyarangkan 10 poin. Bosh menjadi penyumbang angka terbanyak kedua untuk Heat dengan 25 poin dan 6 rebound, disusul guard Mario Chalmers dengan 15 poin. Di kubu Bobcats, dua guard yakni Gerald Henderson dan DJ Augustin masing-masing mengemas 21 dan 20 poin.

Kalah lagi Pada pertandingan lain, Boston Celtics kembali harus menelan kekalahan setelah menyerah dari New Orleans Hornets. Di markas Hornets, New Orleans Arena, Paul Pierce dan kawan-kawan menyerah 78-97. Kekalahan itu menjadi kekalahan ketiga beruntun tim asuhan Glen ‘Doc’ Rivers tersebut, yang membuat mereka belum sekali pun memetik kemenangan. “Tidak ada Eric, jadi kami butuh mendapatkan 20 poin,” ujar pelatih Hornets Monty

Williams. “Jarrett Jack bermain sangat baik. Dia memberikan ketenangan. Dia pemain andalan dan kami membutuhkannya bermain seperti itu sepanjang tahun.” Hasil lainnya: Indiana-Toronto 90-85, Atlanta-Washington 101-83, Cleveland-Detroit 105-89, Oklahoma-Mempis 98-95, New Orleans-Boston 9778, San Antonio-LA Clippers 90-115, Denver-Utah 117-100, Philadelphia-Phoenix 103-83. (AP/*/R-2) thalatie@mediaindonesia.com

O LAHRAGA

JUMAT, 30 DESEMBER 2011

31

Ambisi Besar PSG di Tahun Naga

AP

REUTERS

AP

David Beckham

Carlo Ancelotti

Ricardo Kaka

Pemain Los Angeles Galaxy

Pelatih asal Italia

Pemain Real Madrid

Setelah Carlo Ancelotti, giliran David Beckham dan Kaka jadi buruan klub elite Prancis itu. EKO RAHMAWANTO

P

ARIS Saint-Germain (PSG) diyakini baru akan mengumumkan Carlo Ancelotti, Minggu (1/1), sebagai pelatih baru menggantikan Antoine Kombouare yang telah dipecat. Keputusan itu sengaja dilakukan bertepatan dengan Tahun Baru 2012. Mantan pelatih AC Milan dan Chelsea itu sudah berada di Parc des Princes--kandang PSG--sejak Rabu (28/12) untuk melakukan negosiasi masalah gaji.

Maradona Siap Rangkap Jabatan

Bocoran yang diterima harian Prancis L’Equipe dan Le Parisien, Don Carletto (panggilan Ancelotti) akan dikontrak selama 2,5 tahun dengan gaji sebesar 110 ribu pound per minggu atau total sebesar 14,3 juta pound (Rp200 miliar) setahun. Dengan gaji sebesar itu, Ancelotti akan menjadi pelatih dengan gaji terbesar di sepak bola Prancis. Masuknya Ancelotti tak lepas dari peran Direktur Olahraga PSG Nascimento Leonardo. Ancelotti dan Leonardo adalah sahabat lama karena pernah bekerja sama di AC Milan.

Leonardo adalah orang yang berjasa membawa Kaka ke San Siro saat Ancelotti melatih di sana. Setelah proses negosiasi gaji selesai, pelatih berusia 52 tahun itu diyakini siap terbang ke Timur Tengah untuk bergabung dengan kamp pelatihan PSG di Qatar dan Dubai hingga 5 Januari. Pelatih yang beroperasi di sektor gelandang saat menjadi pemain itu akan melakoni debut pada babak 64 besar Piala Prancis melawan tim dari liga yang lebih rendah, Locmine (8/1/12). Kini PSG yang terakhir memenangi gelar Liga Prancis pada 1994 saat diperkuat bintang-bintang seperti George Weah dan David Ginola me-

mastikan posisi puncak dalam Ligue 1 pada pertengahan musim ini setelah mengalahkan Saint-Etienne pekan lalu. Di tahun Naga ini (menurut penanggalan Tionghoa) PSG memang berambisi menjadi yang terbaik di Eropa.

DIEGO Armando Maradona sedang laris manis. Belum genap satu tahun melatih Al Wasl (klub asal Uni Emirat Arab/ UEA), kini legenda hidup sepak bola Argentina itu diminta untuk melatih timnas UEA. ‘’Dengan senang hati,’’ kata Maradona soal kesiapannya menangani timnas UEA dan Al Wasl sekaligus. Tak hanya itu, Manajer Umum Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) Carlos Bilardo juga mengatakan ada kemungkinan mertua Sergio Aguero itu kembali menangani timnas Argentina. Maradona yang terkenal sebagai pencetak ‘gol tangan Tuhan’ itu meninggalkan Albiceleste seusai Piala Dunia 2010 karena keinginannya

mempertahankan staf kepelatihan ditolak AFA. Setelah dipecat AFA, Maradona kemudian melatih Al Wasl sejak Mei 2011. Namun, setelah pelatih UEA asal Slovenia Srecko Katanec dipecat, nama Maradona diapungkan untuk menjadi kandidat pelatih. Katanec dipecat setelah UEA kalah dari Libanon 1-3, September lalu. Timnas UEA tercatat mengalami tiga kekalahan di bawah kendali Katanec. Meski setuju, Maradona amat mungkin akan berpikir ulang jika tawaran dari Bilardo benarbenar datang. Dalam beberapa kesempatan, Bilardo mengatakan bahwa peluang Maradona untuk kembali melatih tim

‘Tango’ kembali terbuka. Sejak mengantarkan Argentina ke perempat nal Piala Dunia 2010 sebelum dikalahkan Jerman 0-4, kontrak Maradona tidak diperpanjang oleh AFA. Bilardo mengatakan, sejak itu dia tak pernah berbicara dengan Maradona ‘’Kami tak berbicara lagi. Sejak satu setengah tahun lalu, hubungan telah selesai. Namun, Anda tak bisa berkata ‘tidak pernah, tidak pernah lagi’,” ujar Bilardo pada majalah France Football, seperti dikutip the World Game. Bilardo menambahkan, timnas Argentina tak mau melepas Maradona, tapi terpaksa melakukannya karena Maradona ingin seluruh stafnya bertahan. (AP/Rtr/Era/R-2)

Tawaran 30 juta pound akan dilayangkan PSG untuk Pemain Terbaik Dunia FIFA 2007 itu. Jika Kaka jadi didatangkan, Beckham bisa reuni dengan mantan rekannya di AC Milan itu.’’

Beckham Kini setelah mendapatkan Ancelotti, klub yang dimiliki Qatar Sports Investments (QSI) akan memburu David Beckham. Pemilik QSI Nasser Al-Khelai optimistis pemain Los Angeles Galaxy itu sudah setuju untuk bermain di PSG. The Sun melaporkan PSG akan menjalin kesepakatan senilai 12,5 juta pound atau Rp174 miliar untuk mantan kapten timnas Inggris itu. Beckham akan menerima gaji sebesar 160 ribu pound (Rp2,29 miliar) per pekan untuk jangka waktu 18 bulan. Tak disebut kapan penandatanganan dilaksanakan. Namun, sangat mungkin pada Januari 2012. Selain Ancelotti dan Beckham, PSG juga membidik Flo-

rent Malouda (Chelsea), Alexandre Pato (AC Milan), dan gelandang Real Madrid Kaka. Khusus Kaka, Ancelotti memang punya mimpi menduetkan Beckham dengan gelandang serang Real Madrid itu. Madrid mendatangkan Kaka dari AC Milan senilai 60 juta pound pada 2009. Tapi, serangkaian cedera membuat Kaka gagal bersinar bersama Madrid. PSG berharap klub raksasa Spanyol itu mau melepas Kaka dengan harga setengahnya. Tawaran 30 juta pound akan dilayangkan PSG untuk Pemain Terbaik Dunia FIFA 2007 itu. Jika Kaka jadi didatangkan, Beckham bisa reuni dengan mantan rekannya di AC Milan

itu. Musim panas lalu, Kaka sempat bertemu dengan Leonardo di Paris. Tapi, saat itu Kaka masih menegaskan ingin bertahan di Santiago Bernabeu. Kaka mungkin lebih cocok jika hijrah pada musim panas 2012, meski tak menutup kemungkinan bisa terjadi Januari ini. Bersama Ancelotti di pinggir lapangan dan Leonardo di belakang layar, Kaka akan bisa menemukan permainan terbaiknya kembali. Itu artinya peluang dia masuk skuat Brasil di Piala Dunia 2014 akan terbuka lebar. Terlebih event itu nanti digelar di kampung halamannya sendiri. (R-2) eko@mediaindonesia.com

RANGKAP JABATAN: Pelatih Al Wasl Diego Maradona siap merangkap tugas dengan melatih timnas Uni Emirat Arab. Tak hanya itu, Maradona juga berpeluang kembali jadi pelatih Argentina. REUTERS

O LAHRAGA

MEDIA INDONESIA | JUMAT, 30 DESEMBER 2011 | HALAMAN 32

KPSI Berkantor di PSSI 2 Januari

The Reds Mengharap Tuah Carroll TUTUP tahun di luar zona Eropa tentu bukan kado yang menyenangkan bagi Liverpool. Oleh karena itu, mereka akan memaksimalkan laga kandang terakhir di tahun ini melawan Newcastle United, dini hari nanti. Semua mata tentu bakal tertuju pada striker jangkung the Reds Andy Carroll. Kala menghadapi mantan klubnya tersebut, penyerang berusia 22 tahun itu dituntut mengakhiri predikat sebagai pemain mahal yang tak memberi kontribusi. Carroll hanya mencetak lima gol dalam 28 laga selama berseragam Liverpool, termasuk dua golnya musim ini. Hal tersebut tentu bukan torehan yang diharapkan sejak didatangkan Januari 2010 lalu dengan banderol 35 juta pound (sekitar Rp494 miliar). Meskipun demikian, pelatih Kenny Dalglish tidak ingin menaruh beban mencetak gol ke bahu Carroll. Dalglish menyatakan anak asuhnya itu beradaptasi dengan bagus di Aneld, meski memang masih membutuhkan waktu ekstra. “Tidak benar Carroll krisis kepercayaan diri dan saya tidak merasa ia harus membuktikan ketidakbenaran rumor itu. Bagi saya, Carroll merupakan striker yang bagus,” ujar Dalglish. Terlepas dari bantahan yang dilontarkannya, the Kops memang tengah membutuhkan poin untuk memenuhi ambisi mereka lolos ke Liga Champion musim depan. Kini, mereka masih bertengger di peringkat enam dengan 31 angka atau terpaut dua dengan Arsenal dan tiga dengan penghuni tangga keempat Chelsea. Harapan untuk melihat nama

PT Liga Indonesia menyiapkan berkas untuk diajukan ke Kemenkum dan HAM terkait dengan status kepemilikan saham sesuai hasil Kongres Bali. ASNI HARISMI

S

JADI MUSUH: Striker Liverpool Andy Carroll (kiri) akan menghadapi mantan klubnya, Newcastle United, saat kedua tim bertemu dalam lanjutan Liga Primer di Stadion Anfield, dini hari nanti. AP/TIM HALES

Carroll berada di daftar starting line-up juga disebabkan absennya Luis Suarez. Kemarin, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) secara resmi menjatuhkan sanksi satu pertandingan tambahan

plus denda 20 ribu pound bagi striker Uruguay itu. Hukuman itu dijatuhkan karena Suarez mengacungkan jari tengah ke arah pendukung Fulham di Craven Cottage.

Seminggu sebelumnya, ia juga telah diberi sanksi larangan tampil di delapan pertandingan atas kasus rasial terhadap pemain Manchester United Patrice Evra. (Reuters/Ash/R-1)

ETELAH mendeklarasikan kudeta terhadap PSSI kepemimpinan Djohar Arifin Husin, Rabu (28/12) malam, Komite Penyelamatan Sepak Bola Indonesia (KPSI) bakal mengambil alih Sekretariat PSSI di kompleks Gelora Utama Bung Karno pada 2 Januari 2012. Itu terkait dengan fungsi mereka sebagai penyelenggara tugas harian PSSI hingga terpilih kepengurusan baru dalam kongres luar biasa pada 6 Maret 2012 di Surabaya, Jawa Timur. “Kami akan mulai berkantor di PSSI per 2 Januari 2012 dan setelah itu akan melaporkan semua kegiatan kepada KONI/ KOI dan Kemenpora,” ujar Sekretaris Jenderal KPSI Hinca Pandjaitan di Jakarta, kemarin. Hal tersebut, imbuhnya, sekaligus merupakan tindak lanjut setelah 458 anggota PSSI menyatakan mosi tidak percaya dalam Rapat Akbar Sepak Bola

Nasional (RASN) 18 Desember. Dengan diambilalihnya PSSI oleh KPSI, lanjut Hinca, klubklub yang telah dijatuhi hukuman oleh komisi disiplin bisa mengajukan banding ke komite banding versi KPSI. Sejauh ini, 11 klub ISL telah divonis bersalah dan harus turun ke Divisi Utama musim depan. “Bagi klub-klub yang sudah dijatuhi hukuman oleh Komdis PSSI, silakan melapor ke Komding KPSI untuk diproses pencabutan hukumannya,” imbuh mantan ketua komite banding era Nurdin Halid itu. Pada 2 Januari 2012, pihaknya juga akan mengirim surat ke FIFA dan AFC untuk menjelaskan duduk persoalan versi mereka. Termasuk soal dualisme kompetisi, yaitu ketika Indonesia Super League (ISL) dicap sebagai breakaway league berdasarkan surat AFC tertanggal 21 Desember lalu. “AFC mengeluarkan surat seperti itu karena PSSI memberi info setengah-setengah ke FIFA dan AFC. Makanya kita ingin mereka (FIFA dan AFC) juga mendengar versi kita supaya di kemudian hari bisa membuat keputusan dengan adil.” Siapkan gugatan Di sisi lain, PT Liga Indonesia sedang menyiapkan gugatan terhadap PSSI ke Kementerian Hukum dan HAM. Gugatan itu sehubungan dengan tindakan PSSI yang mencegah akses PT Liga Indonesia untuk

PT. TRIMITRA JAYA PERKASA

JL Mangga Besar Raya No 12-B Jakarta Barat 11160 Phone: 6298842 - 6298841 - 6291088 - 6495616 - 6007770 - 6495610 Fax: (62) 021 - 6298843

*KANTOR: JL. CAKRAWALA NO 7 PERUM KOPO ELOK BANDUNG 40227, TELP (+6222) 5427001, (+6222) 85440634, FACS (+6222) 5418758 *GUDANG: JL KOPO CIRANGRANG NO 583 BANDUNG

mengubah status kepemilikan saham setelah Kongres Bali pada Januari 2011 lalu. Hasil Kongres Bali menyebut kepemilikan saham di PT Liga Indonesia harus dibalik dari 99% milik PSSI menjadi 99% milik klub dan sisanya dikuasai PSSI. Di situ juga ditegaskan bahwa penyelenggara kompetisi ialah PT Liga Indonesia, bukan PT Liga Prima Indonesia Sportindo seperti yang sekarang diklaim oleh PSSI. Seusai melakukan rapat umum pemegang saham (RUPS) 27 Oktober 2011 lalu, PT Liga Indonesia sudah berniat melapor ke Kemenkum dan HAM. Namun, status itu urung diubah karena PSSI lebih dahulu mengunci akses mereka sejak 23 Oktober 2011. “Secara administratif, PSSI memang memiliki hak untuk mengunci akses mengubah kepemilikan saham di Kemenkum dan HAM, tapi secara organisasi mereka telah melanggar hasil Kongres Bali sebagai forum tertinggi,” tandas CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono. Langkah itu diambil karena rekonsiliasi untuk mengatasi masalah ini sulit terwujud. Pada malam itu (28/12), klubklub juga sudah menyatakan penolakan kembali berkompetisi di Indonesian Premier League (IPL) seperti ajakan Djohar terkait dengan surat AFC 21 Desember itu. (R-1) asni@mediaindonesia.com

Terbit Setiap Jumat

l

Edisi 30 Desember 2011

l

Halaman 33

Bereksperimen dengan SIKSTA ALIA

Sesuatu yang berasal dari alam memiliki keunikan yang tak bisa dibentuk tangan manusia. Begitu juga kayu yang secara alami memiliki keindahan yang tak tergantikan.

G

URATAN dan serat-serat alami pada kayu menjadikan perabotan berbahan kayu lebih cantik. Namun, jika ingin membeli perabot atau menghiasi rumah Anda dengan

produk kayu, cari tahu dulu jenis kayu yang cocok dengan keinginan dan kebutuhan rumah Anda. Banyak sekali jenis kayu dengan sifat tersendiri disertai kebutuhan perawatan yang khas. Ada baiknya kenali keunikan jenis-jenis kayu MI/SUMARYANTO

yang ada sebelum mempercantik tampilan rumah Anda.

Kayu yang paling cocok

MI/RAMDANI

Pilihlah kayu yang bisa bertahan jika ditempa perubahan cuaca dan tahap dengan rayap seperti jati, eboni, besi atau ulin, damar laut, bangkirai, dan merbau. Selain itu, Anda harus memperhatikan kandungan air yang ada di dalam kayu karena kayu yang kandungan airnya sedikit tidak mudah memuai, susut, dan retak. Jika Anda sudah menemukan jenis kayu terbaik yang cocok dengan kebutuhan, pastikan kayu itu dilapisi dengan corundum crystal yang bisa menahan noda dan goresan. Sebelum memutuskan membeli jenis kayu tertentu, perhatikan kebutuhan Anda. Tentukan lokasi kayu tersebut di dalam rumah. Entah di luar, di dalam, atau malah dijadikan perabotan. Jika harus bersentuhan langsung dengan perubahan cuaca, pilihlah kayu-kayu yang memiliki sifat keras seperti ulin dan merbau. Jika kayu akan terlindungi di dalam ruangan, Anda bisa menggunakan kayu keras atau kayu yang ringan tapi kuat seperti sungkai. Jika Anda ingin membuat perabot dari kayu, ada baiknya menggunakan jenis kayu lunak seperti pinus karena mudah dibentuk dan memiliki banyak lekukan. Pilihan selanjutnya ialah memakai jati. Jangan lupa, meskipun kualitasnya tak perlu dipertanyakan, harganya juga cukup tinggi dan harus disesuaikan dengan bujet Anda.

35 MI/ADAM DWI

Jati sang primadona Jati merupakan jenis kayu yang paling cocok digunakan untuk membuat perabot rumah karena material jati mudah dibentuk dan diukir. Selain itu, jati mengandung minyak dengan aroma tertentu yang membuat rayap tidak berani mendekat. Dalam memilih perabot dari bahan dasar jati, perhatikan serat dan diameter kayu yang memengaruhi kualitas jati tersebut. Jangan mengambil jati yang memiliki terlalu banyak mata. Bila perabot kering, mata kayu dapat meninggalkan lubang yang merusak keindahan perabot jati Anda. Setelah itu, perhatikan pula diameter jati yang Anda beli. Diameternya menunjukkan usia, tingkat kekuatan, dan keindahan permukaan kayu. Jati berdiameter besar juga memungkinkan Anda untuk membuat perabotan besar. Namun jika bujet pembelian Anda tidak mencukupi, sebaiknya jangan memaksa membeli jati berkualitas rendah karena daya tahannya kurang baik. Belilah kayu lain yang lebih murah, tetapi tetap berkualitas seperti sungkai atau ramin.

37

39

Merawat kayu MI/ADAM DWI

Si Antik yang Cantik Memiliki barang antik di rumah dapat mem-

Untuk merawat kecantikan meja kayu, pakai-

percantik suasana rumah meskipun memerlukan

kanlah taplak di atasnya untuk melindunginya

perawatan ekstra. Jika Anda memindahkan kursi

dari goresan dan meminimalkan kerusakan yang

antik, misalnya, angkatlah bagian dudukannya.

mungkin terjadi. Menyimpannya di ruangan

Jangan pernah menggesernya atau mengangkat

dengan suhu normal dan jauh dari sinar matahari

hanya bagian lengan dan sandaran. Kadang bagian

juga akan menghindarkan perabotan antik Anda

perabotan yang sudah tua tak lagi memiliki sam-

dari keretakan, kekusaman, dan perubahan bentuk

bungan kuat.

menjadi melengkung. (Y-3)

Untuk menjaga supaya lantai kayu Anda tidak keropos, tetap utuh, dan cantik, jangan gunakan air untuk membersihkannya. Bersihkan dengan penyedot debu atau gunakan sapu yang lembut dan tidak akan menggores lantai. Supaya kayu tetap terlihat cemerlang, jangan lupa untuk mengoleskan minyak lemon satu bulan sekali. Jangan bosan juga membersihkan perabotan kayu yang diletakkan di luar rumah dengan kain basah agar tak ada debu yang melekat. Namun, jika perabotan kayu Anda sudah lama tersimpan di dalam gudang, gunakan campuran air dengan detergen untuk membersihkannya. Bersihkan perabotan sampai ke celah-celah yang sulit dijangkau dan tak terlihat. Jika Anda menggunakan jati, Anda bisa membeli larutan pelindung untuk jati yang tersedia di toko-toko bahan bangunan. Untuk melindungi warna jati agar tidak memudar, oleskan minyak jati setiap tiga bulan sekali pada perabotan jati Anda. (Y-3) siksta@mediaindonesia.com

40

34

Jumat, 30 Desember 2011

Underwear vs Appearance Walaupun tidak tampak dari luar, pakaian dalam memiliki peran cukup besar untuk menunjang penampilan. Pilih yang sesuai kebutuhan untuk memberi kesempurnaan pada penampilan Anda. FAYE YOLODY

ernahkah Anda merasa sesak pada bagian dada karena kawat pada bra terlalu menekan? Atau Anda seringkali tidak nyaman ketika memakai gaun pesta karena bentuk panty yang berbayang hingga tampak dari luar? Apabila jawabannya ‘ya’, Anda sebaiknya mulai memperhatikan pilihan pakaian dalam agar bisa tampil nyaman dan memukau. Rina Agustina, Store Supervisor Triumph, yang baru saja buka kembali di Plaza Indonesia, Jakarta berbagi wawasan soal beragam jenis pakaian dalam yang dibutuhkan perempuan.

Bra Pushup Bra Bra ini digunakan agar payudara terlihat lebih terangkat dan kencang. Pushup bra terbuat dari campuran polyamide dan elastine. Untuk membuat pernampilan terlihat lebih seksi, pushup bra dengan model ¾ cup adalah pilihan pushup yang tepat.

Casual Bra Bra jenis ini biasanya terlihat lebih sederhana dan polos, menggunakan busa tanpa kawat. Casual bra cocok untuk perempuan aktif.

Sport Bra Perempuan yang gemar mengolah tubuh sangat disarankan memakai bra khusus untuk olahraga. Yang paling penting adalah, terbuat dari bahan katun. Jenisnya beragam, salah satunya bra tanpa busa dan kawat yang sesuai digunakan untuk berolahraga di pusat kebugaran. Jenis yang lain adalah sport bra dengan kawat dan busa berpori, namun berbahan sangat lembut sehingga membuat payudara terlihat indah dan pemakainya tetap merasa nyaman. Satu tip untuk Anda, ketika berolahraga jangan lupa untuk memakai celana dalam berbahan katun agar keringat bisa terserap dengan baik.

AP/KAMRAN JEBREILI

Panties Hipster, Midi, Maxi Ketiganya adalah level ketinggian batas celana pada perut. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan gerak tubuh Anda.

‘Butterfly Effect’ Bra Bra dengan cup yang penuh dan lingkar yang lebar ini cocok dipakai perempuan bertubuh gemuk untuk ‘menyembunyikan’ tonjolan lemak di punggung.

Thong dan G-String K d jjenis Kedua i celana l dalam d l ini i i bi biasanya digunakan bersama dengan gaun pesta. Pada G-String, setiap garis bikininya hanya berupa tali sehingga tak akan ada bayangan bentuk ‘segi tiga’ pada gaun yang Anda gunakan. Adapun thong memiliki tali bikini yang sedikit lebih lebar sehingga terlihat lebih fashionable.

Long Torso Bra Ini adalah bra dengan model yang trendi. Karena bentuknya yang panjang sampai menutupi perut, Anda bisa memadukan bra ini dengan jaket kulit yang terbuka di bagian depan untuk menghadiri acara nonformal.

Smart Spending

White Hunter (Diskon hingga 30%)

Grand Suki (Diskon hingga 50%)

Nan Xiang (Diskon 35%)

Restaurant Promo

Han Gang Nama

Sour Sally (Beli 1 gratis 1)

Grand Indonesia Shopping Town Food Festival

Berlaku

Bank

(Diskon hingga 30%)

Le Seminyak 10 Sep 2011 - 13 Feb 2012

BCA

30 Nov 2011 - 4 Feb 2012

BCA

(Diskon hingga 35%)

Haagen Dazs (Beli 1 Gratis 1)

Padded panty Celana jenis ini memiliki bantalan untuk membuat tubuh bagian belakang Anda tampak lebih berisi. Paling pas dipakai bersama celana panjang atau rok yang ketat. Selain itu, sah-sah saja bila Anda memakainya untuk menunjang penampilan smart casual busana kerja sehari-hari.

Korset Satu jenis pakaian dalam yang tak kalah penting adalah korset. Bukan hanya ketika memakai kebaya saja Anda

hingga 31 Jan 2012

Mandiri

hingga 31 Jan 2012

Mandiri

hingga 31 Jan 2012

Mandiri

hingga 31 Jan 2012

Mandiri

hingga 31 Jan 2012

Mandiri

hingga 31 Jan 2012

Mandiri

hingga 31 Januari 2012

HSBC

23 Feb 2011 - 31 Jan 2012

HSBC

14 Sep 2011 - 31 Mar 2012

HSBC

4 Agu 2011 - 31 Jul 2012

HSBC

13 Sep 2011 - 31 Jan 2012

HSBC

membutuhkannya. Bila ingin perut Anda tampak lebih rata dan pinggang terlihat berbentuk, korset tipis tanpa kawat dengan bahan elastine bisa dipilih untuk pemakaian sehari-hari. Setelah mengetahui berbagai jenis pakaian dalam dan kegunaannya, semoga Anda bisa menambah kenyamanan dalam berbusana. Jangan lupa untuk selalu mencoba pakaian dalam sebelum membelinya karena standar ukuran setiap merek berbeda. Berkonsultasi dengan advisor toko juga disarankan agar Anda mendapatkan pakaian dalam yang tepat sesuai kebutuhan. (Y-2) faye@mediaindonesia.com

Fashion Promo

Nama

Grand City Surabaya Shoprize Accent (Diskon 25%)

Berlaku

Bank

23 Nov 2011 - 28 Jan 2012

BCA

hingga 31 Mei 2012

Mandiri

Berlaku

Bank

hingga 29 Feb 2012

Mandiri

hingga 29 Feb 2012

Mandiri

hingga 29 Feb 2012

Mandiri

1 Des 2011 - 1 Jun 2012

Mandiri

10 Mar 2012

Mandiri

Berlaku

Bank

hingga 15 Januari 2012

Mandiri

hingga 28 Februari 2012

Mandiri

26 Sep 2011 - 31 Jan 2012

BCA

1 Okt 2011 - 29 Jan 2012

BCA

21 Nov 2011 - 8 Jan 2012

BCA

Health & Beauty Promo

Nama

(Diskon hingga 50%)

Katsusei Bang Sanjaya (Diskon 25% untuk makanan)

Dining @ Poke Sushi (Diskon 30%) Dining @ Amigos (Diskon 20% untuk makanan) Dining @ Spageddies (Diskon 15%)

23 Jul 2011 - 31 Mei 2012

BCA

1 Nov 2011 - 31 Mar 2012

BCA

IKI Japanese Restaurant

Grand City Surabaya (Lucky Dip up to 50% Off)

Haagen Dazs (Choose your Free Ice Cream)

Dunkin Donuts (Pilih sendiri menu gratisnya)

(Beli 1 Gratis 1)

Toranomon 1 Des 2011 - 31 Mei 2012

BCA

(Diskon 50%)

Jade Imperial 1 Des 2011 - 30 Apr 2012

BCA

(Dine & Get Voucher Back)

Golden Jade

Sate Khas Senayan (Ekstra 5 tusuk sate ayam untuk pembelian 2 porsi Sate Ayam)

(Diskon hingga 25% off untuk makanan)

Agu 2011 - 31 Jul 2012

BCA

(Beli 1 gratis 1)

12 Des 2011 - 29 Jan 2012

BNI

Hotel Promo

13 Mei 2011 - 8 Apr 2012

BNI

1 Nov 2011 - 1 Nov 2012

Mandiri

Nama Swiss-Belhotel International

(Gratis menu praktis)

Mandiri

(Menginap 2 malam, gratis 1 malam)

Svenson Hair Care (Diskon hingga 20%)

Marie France Bodyline (Diskon hingga 25%)

(Diskon 60% untuk perawatan seharga Rp100.000)

European Slimming Center (Diskon 50% untuk 15 kali pertemuan)

General Promo

Berlaku

Bank

hingga 31 Jan 2012

Mandiri

19 Des 2011 - 6 Jan 2012

Mandiri

Nama Diva Karaoke

(Harga khusus)

1 Des 2011 ñ 29 Feb 2012

(Diskon hingga 20%)

Shifa Esthetic

Menara Peninsula KFC

Bella Skin Care

(Senin s/d Kamis diskon 50% room)

Pathlab (Diskon hingga 50%)

Gramedia Bookstore My Pancake (Diskon hingga 50%)

20 Sep 2011 - 31 Jan 2012

Mandiri

19 Nov 2011 - 31 Mar 2012

Mandiri

1 Nov 2011 - 31 Jan 2012

Mandiri

(Diskon hingga 20% dan tambahan 10%)

Electronics Promo

Pisa Cafe & Resto (Diskon hingga 50% untuk Sabtu-Minggu)

Shabu Tei (Diskon hingga 50%)

Toys Kingdom Nama

Berlaku

Bank

15 Sep 2011 - 10 Jan 2012

BNI

Apollo (Hemat 60% plus 0% cicilan 12 bulan)

(Diskon 10%)

Living World Alam Sutera (Dine & Get Lucky up to 50% off)

36

Jumat, 30 Desember 2011

AP/EUGENE HOSHIKO

Get

Married! Semua orang ingin mendapatkan pesta pernikahan yang berkesan dan tak terlupakan. Jika Anda juga menginginkannya, buatkan konsep yang matang dan perhitungan anggaran yang masuk akal. FAYE YOLODY

AGI pasangan yang sibuk, memakai jasa perencana pernikahan (wedding planner atau WP) untuk mengatur segala kebutuhan menjelang pesta pernikahan merupakan sebuah pilihan tepat. Apa bedanya dengan wedding organizer? Wedding organizer (WO) kelompok yang berfungsi sebagai koordinator lapangan di hari H, yang memastikan acara berjalan lancar. Seperti yang dilansir www.rinagunawan. com, WP tidak hanya menjadi pihak ketiga yang menjembatani antara klien dan para vendor, tapi juga meringankan beban serta menghemat waktu dan tenaga calon pengantin. Pasalnya, WP bekerja sejak penentuan konsep pesta, pemilihan vendor, hingga pelaksanaan acara di hari H. Melengkapi pernyataan tersebut, Ravioli Wedding Planner dalam situsnya www. raviolieo.com menyebutkan bujet merupakan hal utama yang harus dipikirkan dengan matang. Kerap terjadi pesta pernikahan tidak berjalan dengan lancar karena di tengahtengah waktu, bujet yang dikeluarkan ternyata jauh melebihi perkiraan. Sebenarnya apa saja sih yang harus dimasukkan ke bujet pesta pernikahan? Berikut penjelasan lengkapnya.

B

1. Makanan Biasanya makanan selalu menjadi sorotan dalam setiap pesta pernikahan. Semewah apa pun pesta, bila rasa makanan yang dihidangkan tidak memuaskan, atau jumlah porsi tidak seimbang dengan jumlah tamu, suasana perayaan pernikahan akan rusak. Baiknya, alokasikan 40% dari total anggaran untuk makanan dan jasa layanannya.

2. Lokasi Tentukan terlebih dahulu, Anda ingin menyelenggarakan pesta di dalam atau luar ruangan? Jika memutuskan untuk menyelenggarakan di luar ruangan, sisihkan 8% anggaran untuk penyewaan lokasi beserta perlengkapan meja dan kursinya. SXC.HU

Sebaliknya, penyelenggaraan di dalam ruangan biasanya membutuhkan dana lebih besar, sekitar 40%-50% dari total anggaran, karena fasilitas yang dipersiapkan pengelola gedung biasanya mencakup hampir semua yang dibutuhkan.

3. Pakaian dan riasan Pakaian meliputi baju pengantin (perempuan dan laki-laki), gaun pengiring pengantin, serta busana seragam untuk kedua orangtua dan keluarga. Sisihkan 10% anggaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut, termasuk biaya riasan. Sebagai pilihan, Anda bisa juga menggunakan jasa bridal yang menyediakan paket lengkap untuk pakaian dan riasan.

4. Kartu undangan dan suvenir Rancanglah undangan yang praktis dan menggambarkan konsep pernikahan Anda. Untuk suvenir, pilih barang yang berguna dengan harga yang masuk akal. Umumnya, kedua hal itu membutuhkan dana sekitar 6% dari total anggaran.

5. Dokumentasi Bila Anda menginginkan fasilitas dokumentasi yang lengkap, diskusikan dengan fotografer yang menyediakan kedua fasilitas itu, mulai dokumentasi pre-wedding sampai hari H. Siapkan bujet 12% dari anggaran Anda untuk itu. Jangan malas untuk melakukan survei agar hasil foto dan video bisa sebagus yang Anda harapkan.

6. Bunga Dalam pernikahan, bunga menjadi unsur dekorasi penting. Biasanya, untuk memenuhi kebutuhan buket, korsase untuk pengantin laki-laki dan keluarga, serta dekorasi ruangan selama akad nikah dan resepsi, diperlukan sekitar 8% dari anggaran yang Anda miliki.

7. Cincin Benda personal ini harus benarbenar sesuai dengan keinginan

SXC.HU

pasangan yang akan menikah. Setelah menyamakan selera, pilihlah model cincin yang sesuai dengan bujet Anda dan pasangan. Umumnya, biaya yang diperlukan untuk sepasang cincin ialah 3% dari biaya keseluruhan.

8. Administrasi Yang satu ini sering terlupakan, padahal sangat krusial. Pastikan Anda menyisihkan dana 3% untuk membayar kebutuhan administrasi. Untuk membayar penghulu misalnya.

9. Transportasi dan biaya parkir Tak hanya mobil pengantin yang membutuhkan biaya parkir dan sewa. Hitung total sanak keluarga yang akan hadir lalu siapkan bujetnya sekitar 2% dari total anggaran untuk penyediaan mobil dan membayar biaya parkir.

10. Dana darurat Jika semua kebutuhan telah terpenuhi, bukan berarti Anda tidak perlu menyiapkan dana cadangan untuk kebutuhan-kebutuhan darurat. Alokasikan 5% dana untuk dana darurat. Sepuluh hal tersebut merupakan bujet dasar yang harus Anda penuhi. Besarkecilnya jumlah bersifat relatif, bergantung pada konsep pernikahan dan apa yang Anda prioritaskan. Di luar menyusun anggaran, masih banyak hal yang harus Anda siapkan, termasuk menjaga suasana hati Anda dan pasangan. Jadi, apabila sudah memutuskan untuk menggunakan jasa WP, diskusikan setiap hal yang menyangkut pesta pernikahan Anda kepada WP agar acara berlangsung lancar, sakral, dan tak terlupakan. (Y-2) faye@mediaindonesia.com

38

Jumat, 30 Desember 2011

Nyaring dengan Tuts Lama iano merupakan salah satu alat musik dengan usia yang sangat panjang. Semakin tua usianya dan makin sering dipakai, tuts piano akan lebih empuk dan suaranya

SIKSTA ALIA

kian bening. Namun, perawatan yang dilakukan pemilik lama juga memengaruhi kualitas piano lama yang kita beli. Sebaiknya kita tahu apa alasan pemilik lama

Predikat makin tua makin menjadi sepertinya cocok untuk piano. Semakin tua piano, semakin bagus kualitasnya.

menjual piano tersebut. Atau, kita bisa juga membawa seorang ahli untuk melihat kondisi piano secara menyeluruh, mulai keadaan interior hingga eksteriornya, untuk memeriksa kualitas alat musik tersebut. Pastikan beberapa bagian penting piano yang ditawarkan kepada Anda masih bisa memberikan kualitas suara maksimal. SXC.HU

PEDAL Uji setiap pedal yang ada di bawah piano sambil menekan tuts dan dengarkan apakah ketiga pedal berbunyi sesuai dengan kegunaannya. Pedal paling kiri memberikan suara yang nyaring, sedangkan yang tengah memberikan suara lebih pelan dan pedal paling kanan memberikan suara yang lembut. Selain berfungsi sesuai dengan kegunaannya, pedal-pedal tersebut harus menghasilkan nada yang jernih dan seimbang.

TUTS Piano yang sudah tua otomatis memiliki tuts yang sudah berulang kali ditekan dengan berbagai macam kekuatan sehingga terkadang membuat suara yang dihasilkan sedikit bermasalah. Cobalah tuts piano dengan beragam teknik dari penekanan yang lama sampai sebentar, dari volume yang pelan sampai yang kencang. Pastikan tuts piano yang Anda beli tidak menghasilkan suara yang berdengung, nada yang tidak stabil, tidak sesuai dengan nada yang seharusnya atau lebih parah, atau nada tidak terdengar sama sekali. Tiap tuts harus memberikan nada yang konsisten, jangan sampai ada yang tuts yang memperdengarkan nada redup. Mainkanlah sebuah lagu dengan nada cepat, juga nada-nada staccato pada piano yang ingin Anda beli. Jika musik yang diperdengarkan seperti tidak bisa mengikuti kecepatan tangan Anda dan tidak bisa memberikan nada staccato yang baik, itu berarti piano tersebut tidak responsif lagi.

KAYU PIANO Periksa setiap detail piano yang Anda beli, termasuk kelembapan piano tersebut. Jangan sampai Anda mendapatkan kayu piano yang sudah rapuh. Cek semua eksterior piano. Jangan sampai ada retakan, goresan, dan warna-warna yang berubah akibat terpapar sinar matahari. Kayu piano yang melengkung juga bisa menyebabkan kualitas nada piano tidak terlalu baik.

SOUNDBOARD Cek soundboard yang terdapat di bagian bawah piano. Pastikan tidak ada retakan dan lengkungan karena akan sangat memengaruhi nada yang dihasilkan. Terkadang kecacatan pada soundboard bisa menyebabkan adanya dengungan aneh dan suara-suara berderak. Periksa juga potongan kayu yang mengangkat senar. Jika kayu itu retak dan tidak menempel pada soundboard, Anda sebaiknya tidak memilihnya karena akan banyak masalah dan kerusakan yang ditimbulkan. Pastikan juga piano yang Anda beli tidak pernah terendam air, Anda bisa mengeceknya dengan melihat ada atau tidaknya percikan air di kaki piano. Jika piano sudah pernah terendam air, akan memicu banyak kerusakan pada interiornya.

PINBLOCK Pinblock ialah sepotong kayu yang berada di atas piano yang bertugas untuk memegang pin tuning. Pin tuning akan masuk ke lubang-lubang yang ada di pinblock. Pinblock berguna untuk memastikan setiap tuts menghasilkan nada yang merdu. Pastikan kayu pinblock tidak retak dan tidak ada senar yang berkarat.

HAMMER Hammer ialah kayu yang ditutup dengan pelindung yang bertugas untuk memukul senar. Getaran dari senar ini akan menghasilkan nada. Ketika seseorang menekan tuts piano, hammer akan langsung memukul senar. Semakin keras tuts ditekan, semakin kuat pula hammer memukul senar dan semakin keras suara yang dihasilkan. Seiring dengan bertambahnya usia, terkadang hammer akan aus dan bisa juga rusak jika digigiti tikus dan hewan lainnya. Kerusakan pada hammer juga akan memengaruhi kualitas nada yang dihasilkan piano. Periksalah kualitas hammer dengan memainkan nada-nada keras. (Y-2) siksta@mediaindonesia.com


Media Indonesia